Senin, 20 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Warga Jogja Dibangunkan Sahur Pesawat Tempur TNI AU, Ini Potret 3 Pilotnya

Posted: 20 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada tradisi yang cukup unik yang dimiliki oleh TNI Angkatan Udara selama bulan Ramadan. Jajaran Angkkatan Udara Indonesia ini memiliki sebuah tradisi untuk membangunkan sahur dengan pasawat tempur. Sebelumnya, cuitan dari akun resmi TNI AU, @_TNIAU memang pernah menuliskan mengenai rencana mengadakan 'tradisi' membangunkan sahur dengan pesawat tempur.

Pada hari ini (21/5/2019) tradisi tersebut pun terlaksana. Bahkan unggahan mengnai tradisi membangunkan sahur dengan pesawat tempur tersebut juga disebutkan dalam akun media sosial resmi milik TNI AU, baik itu pada Instagram maupun Twitter. Bahkan dalam unggahan di akun Twitter @_TNIAU, terlihat pula bagaimana persiapan untuk membangunkan sahur dengan alutsista TNI AU.

Dirangkum Liputan6.com dari akun @_TNIAU, Selasa (21/5/2019) tradisi membangunkan sahur dengan pesawat tempur tersebut merupakan salah satu bagian dari latihan. Bukan hanya sebagai tradisi membangunkan warga untuk sahur saja. Akan tetapi pelatihan tersebut juga berguna bagi pilot tempur TNI AU untuk melatih terbang di malam hari.

Suara gemuruh

 

Suara gemuruh dari jet tempur milik TNI AU ini terdengar cukup keras bagi warga di Yogyakarta. Bahkan pada unggahan di akun resmi milik TNI AU, menanyakan apakah para warga sudah terbangun dan mendengar suara gemuruh. Aksi TNI AU yang terbang dini hari menggunakan pesawat tempur tersebut pun membuat banyak warga terkesima.

Namun agar warga tak terlalu kaget mendengar suara gemuruh, TNI AU sebelumnya telah memberitahu kapan pesawat tempur tersebut mulai membangunkan para warga. Hal ini pun terlihat dari unggahan di akun Instagram milik TNI AU pada Sabtu (18/5/219).

Persiapan penerbangan

 

Pada unggahan di akun Twitter milik TNI AU tersebut juga menampilkan video mengenai pesawat tempur yang akan lepas landas. Video yang diunggah oleh akun Twitter TNI AU tersebut pun mendapatkan banyak respon dari netizen. Bahkan tak sedikit pula netizen yang meminta rute terbang pesawat tempur dipanjangkan.

Selain itu, akun resmi dari TNI AU pun mengunggah foto pilot pesawat tempur yang melakukan tugas pelatihan pada dini hari tadi. Bertugas sebagai pilot tempur membuat para prajurit TNI AU tersebut harus siap siaga baik pada siang maupun malam hari.

Komentar netizen

Membangunkan sahur dengan jet tempur bukan kali ini saja dilakukan oleh TNI AU. Banyak pula para netizen yang terkesima atas tradisi yang dijalankan oleh militer udara Indonesia. Tak sedikit pula netizen yang sukses terbangun akibat mendengar suara gemuruh dari jet tempur tersebut.

"Jogja bergemuruh pak komandan #JauhDiLangitDekatDiHati" tulis akun @dimasrohman28.

"Ah iya ni, aku lgsg terbangun, dah ngalahin toanya emakku" komentar akun @kartikacandrasa di Twitter @_TNIAU.

"Auto bangun.. alarmku kalah Alhamdulillah hari ini sahur .. biasanya gak ada yang bangunin..pas banget diatasi rumah" tulis akun @primaFivers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bimtek Desa Wisata Ikut Promosikan Great Harvest Festival 2019

Posted: 20 May 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Toba Samosir Bimtek Pengembangan Homestay dan Desa Wisata turut memperkenalkan Great Harvest Festival 2019. Rencananya event ini akan digelar di Desa Wisata Djangga Dolok, 5-7 Juli 2019. Festival tersebut akan diikuti oleh ratusan diaspora di Eropa dan Australia.

Bimtek Pengembangan Homestay dan Desa Wisata sendiri digelar 17-18 Mei 2019. Lokasinya di Huta Lumban Binanga, Desa Djangga Dolok, Lumban Julu, Toba Samosir, Sumatera Utara.

Ketua Panitia Great Harvest Festival Budi Agung Manurung mengatakan, event akan memperkenalkan pariwisata Djangga Dolok.

"Desa Djangga Dolok memiliki potensi besar. Alam dan budayanya eksotis. Dengan kolaborasi tersebut, kami gulirkan Great Harvest Festival. Ini adalah event pertama. Kami yakin, dengan event ini, destinasi Djangga Dolok akan semakin dikenal luas. Potensi arus wisatawannya besar," kata Budi, Senin (20/5).

Menampilkan warna budaya Batak khas Djangga Dolok, berbagai konten terbaik ditampilkan. Sesuai title-nya, festival ini akan menggelar Mardege, atau prosesi panen padi. Event digelar pagi hari dengan diawali Manitiari atau melihat cuaca. Berikutnya disiapkan Hau Namardakkadupang. Yaitu, tiang dengan cabang sejajar sebagai media berdiri orang yang memanen padi.

Proses pemetikannya secara tradisional, yaitu menggunakan anai-anai. Mardege lalu dilanjutkan dengan Mamurpur. Aktivitas ini memilah padi berisi dari renas. Alat yang digunakannya adalah Aduri. Aktivitas lainnya memasukan gabah dalam Pamunuhan, lalu baru disimpan di lumbung.

Kepala Dinas Pariwisata Toba Samosir Audi Murphy Sitorus menjelaskan, Great Harvest Festival 2019 sangat unik. "Great Harvest Festival 2019 sangat unik dan menarik. Selain Mardege, ada aktivitas seru lain selama 3 hari penuh. Silahkan datang ke Great Harvest Festival 2019. Ada banyak experience terbaik di sini. Event memiliki konten yang padat," jelas Murphy.

Event ini juga menyajikan beragam kegiatan budaya. Ada Martandang Najolo dan Martumba. Yaitu seni gadis di sana. Medianya memakai pantun Batak dengan Marhuling Huling Asa (berteka-teki) dari pihak wanita. Adapun Martumba merupakan pesta kegembiraan dengan tarian muda-mudi. Ekspresi yang ditampilkan suka cita. Great Harvest Festival 2019 juga menampilkan Marmuccak atau Silat Batak.

Menegaskan kekayaannya, ada Opera Batak dan Manortor. Festival juga menampilkan Pasar Rakyat. Pasar ini jadi display aneka kekayaan Djangga Dolok, mulai dari beragam kerajinan tangan hingga kulinernya.

Untuk kuliner, bahan baku utamanya adalah beras. Djangga Dolok terkenal dengan Tipa-Tipa. Kuliner ini dibuat dari beras. Setelah direndam, beras lalu disangrai dan ditumbuk. Tahap berikutnya, yaitu ditampi hingga jadi Tipa-Tipa. Ada juga Marnabibi. Yaitu, kuiner dari bahan baku padi yang belum siap panen. Prosesnya digongseng, tahap pengolahan berikutnya seperti Tipa-Tipa. Lalu, ada kuliner Sasagun dengan bahan tepung beras dan gula merah disangrai.

"Masyarakat Djangga Dolok mulai merintis event. Konten utamanya potensi budaya. Aktivitas itu tentu sangat positif untuk menarik wisatawan. Artinya, ada potensi ekonomi besar yang dihasilkan dari aktivitas pariwisata di sini. Djangga Dolok juga punya homestay untuk mendukung amenitas," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman.

Great Harvest Festival 2019 semakin menarik dengan Living With Bataknese. Konten ini dikemas dalam paket 3D2N (3 Days 2 Nights) dengan banderol Rp1,69 Juta. Dengan membeli paket tersebut, wisatawan akan mengikuti seluruh rangkaian acara festival. Mereka terlibat dalam Mardege, lalu free akomodasi, makan, Pasar Rakyat, souvenir, night party, hingga opera. Wisatawan juga akan diajak jalan-jalan di Ekowisata Hutan Desa. Untuk informasi selanjutkan, silahkan hubungi nomor 082167910728 atau 081260176026.

Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kemenpar Lokot Ahmad Enda menerangkan, pariwisata Djangga Dolok akan cepat berkembang karena didukung kreativitas tinggi masyarakatnya.

"Djangga Dolok akan cepat tumbuh menjadi destinasi wisata. Gebrakan yang mereka lakukan luar biasa dengan menggelar festival besar. Selain kreativitas, masyarakatnya juga memiliki inisiatif tinggi. Dengan daya tariknya, festival tersebut akan mampu menarik wisatawan dalam jumlah besar," terang Lokot.

Dengan magnet budaya dan storytelling bagus, Great Harvest Festival 2019 bisa menarik sedikitnya 200 diaspora. Mereka berasal dari Eropa dan Australia. Sedikit flashback, Djangga Dolok memang memiliki daya tarik mendatangkan wisatawan. Para wisman tersebut berasal dari Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. Wisatawan Amerika kali terakhir berkunjung pada Januari dan April 2019.

"Djangga Dolok memang luar biasa. Komitmen dalam mengembangkan pariwisata patut diapresiasi. Mereka berhasil mengelola beragam potensinya hingga muncul Great Harvest Festival 2019. Strategi dari marketingnya positif dengan kehadiran para diaspora. Mumpung ada waktu, promosi eventnya dipush terus. Harapannya, wisman yang datang lebih besar," tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amalan yang Dilakukan di Malam Nuzulul Quran dan Keutamaannya

Posted: 20 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran bisa dijadikan sebagai motivasi untuk mengamalkan pedoman yang diperintahkan oleh Al Quran. Sebagai hari turunnya wahyu pertama Al Quran, malam nuzulul quran tentunya tidak akan lengkap rasanya bila kamu tidak membaca al quran.

Bertepatan dengan 17 ramadan 1440 Hijriah, atau pada tanggal 21 Mei 2019, malam nuzulul quran merupakan malam yang sangat sacral untuk umat Islam. Pedoman utama umat islam yaitu Al Quran untuk pertama kalinya diwahyukan oleh Allah SWT melalu Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran dapat membuat kamu lebih memaknai salah satu hari yang penting dalam sejarah umat islam ini. Jangan sampai malam nuzulul quran ini hanya numpang lewat tanpa kamu melakukan amalan apapun.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/5/2019) tentang amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran

Amalan yang Dilakukan di Malam Nuzulul Quran

Nuzulul Quran / Sumber: iStockphoto

Tentunya kamu harus mengisi amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran dengan hal hal baik. Amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran yang pertama adalah istiqomah membaca Al Quran. Setidaknya kamu khatam membaca Al Quran satu kali selama bulan Ramadan ini.

Selanjutnya, amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran adalah melakukan I'tikaf atau berdiam diri di masjid pada malam hari. Melakukan I'tikaf sebagai amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran bukan berarti hanya diam dan tidur tiduran saja di masjid, namun mengisi malam tersebut dengan kegiatan berzikir kepada Allah SWT ataupun membaca Al Quran.

Selanjutnya, kamu bisa juga mengisi malam nuzulul quran dengan memperbanyak salat malam dan berdoa. Amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran ini bisa membuat kamu lebih menghayati betapa sakral dan pentingnya peristiwa turunnya Al Quran yang menjadi pedoman seumur hidup bagi umat islam ini.

Al Quran dan Malam lailatul Qadar

Nuzulul Quran / Sumber: iStockphoto

Al Quran dan malam lailatul Qadar sangat erat kaitannya. Al Quran diturunkan pada malam yang penuh berkah, yaitu pada malam lailatul qadar. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT, yang artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan". (QS. Al-Qadr:1)

Dari surat Al Qadr ayat pertama tersebut telah jelaslah bahwa Al Quran diturunkan pada malam lailatul qadar yang penuh berkah. Oleh karena itu, sudah barang tentu kamu harus melaksanakan berbagai amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran untuk mendapatkan berkah. Selain itu malam lailatul qadar yang merupakan malam turunnya Al Quran ini juga memiliki berbagai keutamaan lainnya, seperti:

Keutamaan yang pertama adalah malam lailatul qadar merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Allah Swt berfirman:

 "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan". (QS. Al-Qadr : 3)

Maksud dari Surat Al Qadr ayat 3 ini adalah amal, puasa dan salat malam yang dilakukan seseorang di malam lailatul qadar ini lebih baik dari amalan yang dilakukan selama 1000 bulan.

Yang kedua, malam tersebut merupakan malam pengampuanan dosa bagi orang orang yang menghidupkan malam lailatul qadar ini.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

 "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni". (HR. Bukhari)

Keutamaan ketiga, malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh berkah. Hal ini dikarenakan turunyaa Al Quran seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Keutamaan yang keempat adalah malam lailatul qadar sebagai malam turunnya para malaikat dan Malaikat Jibril. Hal ini menandakan bahwa mala mini merupakan malam dengan banyak berkah, karena malaikat turun bersamaan dengan turunnya berkah. Seperti firman Allah SWT pada surat Al Qadr ayat 4.

 "Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan". (QS. Al-Qadr : 4)

Al Quran sebagai kitab yang mulia, dan menjadi pedoman seluruh umat islam dalam menjalani kehidupan menjadikan semua yang bersinggungan dengannya menjadi mulia juga.

Nabi Muhammad SAW menjadi Nabi yang paling mulia dai antara Nabi lainnya adalah karena kepada beliaulah Al Quran diwahyukan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril.

Bulan Ramadan menjadi bulan yang mulia, diantaranya adalah karena pada bulan Ramadan lah Al Quran diturunkan. Begitu pula dengan malam lailatul qadar menjadi malam yang paling mulia dan menjadi malam yang lebih dari seribu bulan adalah karena pada malam itulah Al Quran diturunkan sebagaimana firman Allah SWT pada surat Al-Qadr ayat 1.

Dengan adanya momen nuzulul quran dan malam lailatul qadar ini, hendaknya kamu meningkatkan ketakwaan dan memperbanyak amalan agar mendapatkan berkah. Selain itu, malam nuzulul quran juga bisa dijadikan momen untuk meneladi semua yang tercantum di dalam Al Quran, mempelajari dan memahaminya, serta mengamalkannya sebagai pedoman kamu dalam menjalankan kehidupan di dunia ini. Dengan amalan yang dilakukan di malam nuzulul quran, kamu bisa mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Allah SWT berfirman:

 "Dan Al-Quran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, Maka ikutilah Dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat". (QS. Al-An'am : 155)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikritik Tarif Data Mahal, Telkomsel: Demi Kelangsungan Layanan

Posted: 20 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Telkomsel kerap dikritik karena menerapkan tarif data yang lebih tinggi ketimbang operator seluler lainnya.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah pun buka suara terkait hal ini. Ia buka-bukaan mengenai formulasi Telkomsel dalam menentukan tarif layanan data.

Menurut Ririek, tarif data Telkomsel saat ini tidaklah mahal, tetapi cukup terjangkau.

Ia juga menampik mahalnya tarif data Telkomsel karena besaran biaya hak penggunaan (BHP) spektrum yang ditentukan pemerintah yang terlalu tinggi.

"Sebenarnya cost-nya itu bukan hanya BHP, itu hanya salah satu. Ada cost lain-lain. Saya tidak tahu operator-operator lain, tetapi banyak operator bukunya merah (belum untung), mestinya sih mereka lebih rasional (dalam menentukan tarif)," kata Ririek di acara Buka Puasa Bersama Telkomsel di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Ririek mengatakan, ada beberapa prinsip yang mesti diperhatikan jika ingin layanan di seluruh Indonesia terus berjalan.

Prinsip pertama, layanan seluler harus terjangkau. Terjangkau ini diartikan Ririek sebagai murah, namun tetap rasional.

"Kalau tidak rasional, operator tidak bisa membangun (infrastruktur jaringan)," tuturnya.

Layanan Harus Terus Sustain

Ketua ATSI Ririek Adriansyah dalam acara Selular Business Forum. (Foto: Selular)

Kedua, layanan harus sustain atau mampu bertahan terus. Ia menyebut, layanan data yang terlalu murah bagus untuk masyarakat, tetapi itu hanya berlangsung jangka pendek.

"Secara long term tidak bagus, kalau (perang harga) terlalu lama, nanti tidak ada layanan (karena operator tidak memiliki cukup dana untuk membangun infrstruktur (jaringan) nanti rugi juga," kata dia.

Ketiga, Ririek menyebut, operator harus mempertimbangkan negara dan jumlah penduduk yang begitu banyak dan tersebar yang perlu mendapat pelayanan data yang sama.

"Karena negara besar, layanan harus tersedia di mana-mana. Nah, untuk investasi itu butuh dana, kalau (tarif terlalu murah), bagaimana mau membangun. Makanya kami harapkan lebih rasional," ujar dia.

Ririek bahkan menyebut, ketimbang negara lain, tarif layanan data di Indonesia ini bisa dibilang merupakan salah satu yang paling murah.

Tarif Terkendala Besaran BHP?

Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel. Liputan6.com/Iskandar

Ririek pun buka-bukaan mengenai formulasi tarif yang salah satunya ditentukan oleh BHP yang cukup tinggi.

Memang, ada beberapa pihak yang ingin agar besaran BHP diturunkan, tetapi untuk menurunkannya, diperlukan peninjauan kembali terhadap formulasi BHP.

"Kalau di negara kita, BHP dihitung persentase dari revenue operator. Kalau BHP dihitung berdasarkan formula adalah sekian persen dari revenue operator yang tidak produktif, negara jadi dirugikan juga. Tapi kalau BHP-nya fix seperti di beberapa negara, BHP ditenderkan, itu ada untungnya juga tanpa mempedulikan berapa pendapatan operator, BHP ke pemerintah tetap," katanya.

Ririek menilai, semua opsi mengenai formulasi BHP ada untung ruginya.

"Tidak bisa hanya stand alone. Sempat ada ide-ide untuk mengubah formula, tetapi jangan sampai juga operator sudah dapat spektrum malah tidak dipakai secara optimal. Kan rugi juga karena spektrum jumlahnya terbatas," tutur dia.

Intinya menurut Telkomsel, menggunakan formulasi apapun penentuan tarif, diperlukan penentuan yang lebih rasional. Pasalnya saat ini masih banyak operator yang rugi.

"Menurut Telkomsel, rasional itu terjangkau tetapi tetap bisa menjaga kelangsungan layanan. Untuk Telkomsel seperti sekarang ini sudah cukup terjangkau," katanya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Kasus Endorsement, Ayu Ting Ting Tegur Timnya

Posted: 20 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayu Ting Ting beberapa waktu menjadi bahan cibiran warganet. Gara-garanya adalah satu unggahan promosi berbayarnya bermasalah. 

Foto yang ia unggah di Instagramnya itu rupanya milik orang lain. Terkait hal tersebut, Ayu Ting Ting mengaku tidak mengetahui masalah tersebut sama sekali. 

Pasalnya, Ayu Ting Ting memiliki satu tim khusus yang mengurusi semua endorsement untuknya. 

"Saya juga kaget, tiba-tiba ada kayak gitu," ungkap Ayu Ting-Ting di kawasan Tendean, Jakarta, Senin (20/5/2019).

 

Menegur

Ayu Ting Ting (Deki Prayoga/Fimela.com)

Mengenai hal itu, Ayu Ting Ting sudah mengambil sikap. Ia langsung menegur timnya yang tidak cermat menerima endorsement. 

"Saya juga sudah tegur mereka, karena saya enggak tahu apa-apa. Yang upload mereka semua yang ngurus," lanjutnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korsleting, Truk Pengangkut BBM Terbakar di SPBU

Posted: 20 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diduga akibat korsleting listrik, sebuah truk pengangkut BBM terbakar di SPBU. Untungnya api tak tersebar luas, lantaran petugas langsung memadamkan api.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Panduan WHO untuk Mengurai Pikun

Posted: 20 May 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tercatat ada 50 juta orang di dunia yang hidup dengan dimensia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajang Balap F1 Berduka, Niki Lauda Meninggal Dunia

Posted: 20 May 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Vienna - Awan mendung menyelimuti dunia Formula 1 (F1). Salah satu pembalap legendaris F1, Niki Lauda meninggal dunia pada Senin (20/5/2019) atau Selasa WIB di Vienna, Austria.

Juara F1 sebanyak tiga kali itu meninggal dunia di usia 70 tahun. Sejak pertengahan tahun 2018, kesehatan Niki Lauda memang sudah menurun drastis. Pada Agustus 2018, dia menjalani operasi transplantasi paru-paru.

Operasi itu berjalan sukses, tapi harus membuat Niki Lauda dirawat selama dua bulan. Pada Januari 2019, dia kembali masuk rumah sakit lantaran terjangkit infeksi flu.

"Dengan rasa kesedihan yang mendalam, kami mengumumkan bahwa Niki kami yang tercinta telah meninggal dunia dengan tenang bersama keluarganya pada Senin (20/5)," tulis keluarga Lauda dalam pernyataan resminya, dikutip dari Motor Sport.

"Pencapaian uniknya di F1 dan usahawan tidak akan pernah terlupakan. Begitu juga dengan semangatnya yang tidak kenal lelah untuk bertindak, serta keberaniannya. Dia akan menjadi panutan bagi kita semua, dia adalah seorang suami, ayah, dan kakek, yang penyayang. Dia akan sangat dirindukan."

 

 

Sempat Jadi Bos Tim F1

Niki Lauda. (AFP/Jens Buettner).

Pada 2012, Niki Lauda sempat menjadi ketua non-eksekutif di tim F1 Mercedes. Dia menjabat posisi itu hingga 2020. Dia dianggap berkontribusi besar atas dominasi skuat Panah Perak di Formula 1 sejak era turbohibrida V6.

Niki Lauda aktif sebagai pembalap pada 1971 hingga 1985. Dia menjalani 171 balapan dengan mencatatkan 54 podium dan 25 kemenangan. Dengan tiga gelar juara dunia, Niki Lauda menjadi salah satu pembalap terbaik yang pernah ada di dunia F1.

 

Selamat dari Kecelakaan Maut

Pada 1976, Niki Lauda selamat dari kecelakaan yang sangat mengerikan. Mobilnya terbakar saat menabrak pagar pembatas di Nurburgring. Kecelakaan itu membuatnya menderita luka bakar di wajahnya.

Kendati menderita luka bakar parah, Lauda hanya absen dua balapan. Dia menunjukkan penampilan heroik di GP Italia, kandang Ferrari. Dalam perebutan gelar 1976, Lauda hanya kalah satu poin melawan rival terberatnya, James Hunt.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal di Shopee Liga 1 Berubah, Persib Bandung Tak Terpengaruh

Posted: 20 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persib Bandung dipastikan batal menjamu TIRA Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, 23 Mei mendatang. Panitia pelaksana tidak bisa mendapat izin kepolisian untuk menggelar laga ini.

Diduga, sulitnya Persib mendapat izin untuk laga ini karena berdekatan denga hari H pengumuman KPU terkait hasil pemilu 2019. Seperti diketahui, KPU rencananya mengumumkan hasil pemilu 2019 pada 22 Mei 2019.

Sebagai gantinya, PT Liga Indonesia Baru, sebagai operator Shopee Liga 1 yang disiarkan Indosiar dan O Cannel, menetapkan laga di pekan kedua itu akan digelar Selasa, 18 Juni 2019. Sementara lokasinya tetap akan dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat.

Menyikapi perubahan ini kubu Persib sendiri tenang-tenang saja. Pelatih Robert Rene Alberts menyebut, mereka tak terpengaruh dengan adanya pengunduran jadwal pekan kedua itu.

"Sama sekali tidak ada masalah. Di Indonesia memang sudah biasa seperti ini. Kalau tim ini kuat, home atau away target kami tetap tiga poin," ujar Robert di situs resmi Persib.

Dia menambahkan, "Setelah ini langsung ada pertandingan tandang lawan Semen Padang (29 Mei) dan target kami tetap menang."

Leluasa Bersiap

Para pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak Febri Hariyadi ke gawang Persipura Jayapura pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Persib menang 3-0 atas Persipura. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Dengan diundurkan laga lawan TIRA, memang membuat Persib jadi lebih leluasa mempersiapkan diri ke partai ketiga. Apalagi, di laga ketiga ini, Tim Maung Bandung harus tandang ke markas Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim.

"Sekarang kami ada waktu untuk persiapan dan harus dimanfaatkan dengan baik. Tidak ada efek untuk tim dan semua fokus untuk pertandingan selanjutnya," ungkap Robert

Gemilang di Laga Pertama

Persib sendiri tampil gemilang di laga pertama mereka. Di Si Jalak Harupat, mereka sukses menghajar tim kuat Persipura Jayapura 3-0 lewat gol Artur Geworkyan (dua) dan Febri Hariyadi.

Kemenangan ini tentu saja membuat Persib makin percaya mengarungi Shopee Liga 1 2019. Apalagi, mereka kembali menargetkan juara, musim ini.

Kemenangan ini juga mengubur mitos yang menyebut Persib selalu sulit menang di laga pembuka. "Yang pasti ini jadi modal bagus untuk menghadapi pertandingan-pertandingan di depan," ujar gelandang Persib, Ardi Idrus.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penulis Novel Game of Thrones Kecewa dengan Skenario Serial TV

Posted: 20 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Serial Game of Thrones Season 8 yang baru saja usai, tak hanya mengecewakan fans. Penulis novel aslinya yang berjudul A Song of Ice and Fire, George R.R. Martin, sama tak puasnya terhadap jalan cerita musim kedelapan. Ia mengungkapkannya melalui sebuah pernyataan.

"Serial ini tidak sepenuhnya tepat. Tapi kalau dibuat sesuai, pasti akan berjalan lima season lagi nantinya. Ini sangat rumit. Saya merasa sedih sebenarnya, saya harap kita masih punya beberapa season ke depan," ujar penulis Game of Thrones, George R.R. Martin, dilansir dari Fast Company.

Pernyataan George tersebut menimbulkan kesan bahwa spekulasi fans Game of Thrones di luar sana terbukti benar. Pasalnya, sebelum ini banyak yang menduga skenario yang ditulis oleh David Benioff, D. B. Weiss itu sudah melenceng jauh dari keinginan sang penulis novel.

"Terkadang pandangan kreatif mereka denganmu tidak selamanya cocok dan itu bisa menjadi konflik," lanjutnya lagi.

Meski bukunya diadaptasi ke sebuah serial, George R.R. Martin tidak bisa semena-mena bekerja sendiri mewujudkan fantasinya ke dalam layar kaca. Ada faktor pendukung lain yang menjadi pertimbangan pihak studio untuk membuat jalan cerita Game of Thrones lebih menarik.

Faktor Lain

Game of Thrones (HBO via distractify.com)

"Pihak studio memiliki beberapa hal tertentu yang tidak ada hubungannya dengan cerita tapi punya faktor lain. Seperti, 'Well, karakter ini punya Q Rating yang sangat tinggi, jadi mari kita buat dia melakukan banyak hal di film'," tegas George RR Martin.

Hingga saat ini, Martin sendiri masih menulis lima dari tujuh buku, serialnya bisa dibilang mendahului penulisan sang penulis. Jalan cerita yang terburu-buru serta kematian beberapa karakter yang dinilai absurd, ternyata juga membuat aktor pemeran tokoh Varys, Conleth Hill, mengungkapkan rasa kesalnya.

"Saya keberatan secara pribadi, bukan sebagai seorang aktor atau seniman. Kamu tidak dapat menahan perasaan kalau kamu gagal dalam beberapa hal, bahwa kamu belum bisa memenuhi ekspektasi di luar sana," tandasnya, seperti dilansir dari Entertainment Weekly.

Penulis: Tyssa Madelina/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menakjubkan, Pria Ini Buat Lukisan Menyatu dengan Alam di Belakangnya

Posted: 20 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apa sih yang biasanya kamu lakukan saat berada di alam? Berfoto atau bersantai menikmati pemandangan? Lain halnya dengan seniman bernama Aaron Schuerr. Aaron memilih untuk membuat lukisan saat berada di alam bebas.

Lukisan yang dibuatnya sangatlah menarik dan menakjubkan. Pasalnya alam digunakan Aaron sebagai bingkai. Lukisan yang dibuatnya tampak menyatu dengan pemandangan alam di belakang kanvasnya. Hasil lukisannya tentu membuat siapa saja yang melihatnya akan berdecak kagum.

Aaron senang sekali bisa berkeliling dunia dan mencari spot pemandangan bagus untuk dilukis. Dirinya sudah mengunjungi banyak spot pemandangan indah seperti Yellowstone National Park, Montana dan banyak spot indah lainnya.

Berikut telah dirangkum Liputan6.com beberapa lukisan Aaron dari sumber Boredpanda, Selasa (21/5/2019).

1. Danau

Lukisan Dengan Bingkai Pemandangan Alam (sumber: Boredpanda)

Danau menjadi salah satu opsi liburan alam yang sangat menyejukkan. Selain karena memang bisa memandang tenangnya air, di danau kamu juga akan merasakan ketenangan dan kesejukan berkat kondisi sekitar danau yang hijau. Hal ini juga tersaji pada gambar di atas.

Aaron melukis danau dengan bagusnya. Ia membuat lukisan dengan memanfaatkan bingkai alam. Lukisan yang ia buat bahkan lebih tajam dan lebih hidup, yang membuat lukisan tersebut terlihat begitu menakjubkan.

2. Perbukitan penuh dengan Bunga

Lukisan Dengan Bingkai Pemandangan Alam (sumber: Boredpanda)

Perbukitan berwarna oranye dengan kombinasi hijau, benar-benar menyegarkan mata. Hal ini coba ditangkap Aaron untuk dilukis. Hasilnya luar biasa, Aaron berhasil melukis pemandangan perbukitan dengan sangat indah.

3. Pantai

Lukisan Dengan Bingkai Pemandangan Alam (sumber: Boredpanda)

Panai menjadi salah satu spot terbaik untuk bersantai. Dan santainya Aaron sungguh berkualitas dengan membuat lukisan bingkai alam di pantai. Hasilnya lukisannya di pantai sungguh membuat decak kagum. 

4. Pohon jeruk

Lukisan Dengan Bingkai Pemandangan Alam (sumber: Boredpanda)

Buah jeruk memang sangatlah nikmat untuk dimakan. Namun sebelum berakhir di kerongkongan, Aaron memilih melukis terlebih dahulu buah jeruk yang sedang menggelantung di pohonnya. Hasilnya dengan bingkai pohon jeruk, lukisan Aaron terlihat sangat menakjubkan.

5. Kaktus

Lukisan Dengan Bingkai Pemandangan Alam (sumber: Boredpanda)

Salah satu lukisan yang sangat indah karya Aaron ialah saat dirinya berada di daerah tandus di mana terdapat pohon kaktus. Pohon kaktus itu pun dilukisnya. Dengan bingkai tanah tandus, Aaron berhasil memindahkan pohon kaktus menjadi sebuah lukisan indah.

Itulah 5 karya indah Aaron saat melukis dengan bingkai alam. Menurut kamu, mana lukisan Aaron paling indah?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Puasa, Ibadah Paling Ampuh Antarkan Tekad dan Kelapangan Dada

Posted: 20 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bersegeralah berbuka, begitu matahari terbenam. Pesan Nabi SAW ini disampaikan cendikiawan muslim Quraish Shihab lewat program Mutiara Hati, Selasa (21/5/2019).

Quraish Shihab menjelaskan, makna ini bukan berarti bahwa seseorang harus duduk di depan hidangan hingga magrib menjelang.

Lewat renungannya kali ini, pendiri Pusat Studi Alquran ini juga mengungkap bahwa saleh atau tidaknya seseorang bukan dinilai dari puasa atau salatnya.

Tapi puasa, menurut Allah adalah arena berlomba untuk meraih kebajikan, melawan diri sendiri, dan olah jiwa.

"Tidak ada ibadah yang lebih ampuh mengantar kekuatan tekad dan kelapangan dada, seperti halnya puasa," ucap Quraish Shihab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Listrik di Kalbar Cukup, PLN Siap Penuhi Penyambungan Baru

Posted: 20 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) wilayah Kalimantan Barat siap memenuhi pasokan listrik saat konsumsi mengalami kenaikan akibat penyambungan baru.

General Manager PLN Kalimantan Barat Agung Murdifi mengatakan, saat ini daya mampu pasokan listrik sistem khatulistiwa di Kalimantan Barat mencapai 433 Mega Watt (MW). Sedangkan beban puncak mencapai 320 MW. Artinya masih ada cadangan pasokan listrik di wilayah tersebut.

"Beban puncak paling tinggi sempat 320 MW‎, jadi ada sisa sekitar 100 MW," kata Agung, di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (21/5/2019).

Agung melanjutkan, untuk kemampuan pasokan di wilayah ‎industri Kalimantan Barat, di antaranya Tayan juga masih berlebih. Gardu Induk Tayan berkapasitas 30 MW, sedangkan beban puncaknya 6,3 MW.

‎"Beban puncak GI Tayan itu saat ini kapasitas 30 MW, beban puncak 6,3 MW. kami siap k‎ami masih ada 23 MW lagi," tuturnya.

Dengan cadangan pasokan listrik, Agung pun menjamin PLN siap memasok listrik dengan handal serta penambahan konsumen listrik baru.

"Artinya masih cukup apabila ada yang masuk baru.‎ ‎Jadi kami siap jika ada penambahan pasokan listrik," tandasnya.

Beri 13 Ribu Rumah Tangga di Kalbar Sambungan Gratis, PLN Siapkan Rp 130 M

Pekerja tengah memasang Trafo IBT 500,000 Kilo Volt di Gardu induk PLN Balaraja, Banten, Kamis (16/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT PLN (Persero) menggelontorkan Rp 130 miliar untuk menyambung listrik gratis ke 13.169 rumah tangga di Kalimantan Barat pada 2019. Hal ini merupakan upaya pemerataan kelistrikan di wilayah tersebut.

General Manager PLN Kalimantan Barat Agung Murdifi mengatakan, PLN berupaya meningkatkan pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) dengan menyambung listrik ke masyarakat yang tidak mampu, pada tahun ini PLN menargetkan penyambungan listrik 60 titik di Kalimantan Barat terdiri dari 13.169 rumah tangga pada tahun ini.

"Dengan begitu rasio elektrifikasi di Kalimantan Barat meningkat menjadi 90,4 persen dari sebelumnya 88,04," kata Agung, saat menghadiri peresmian dimulainya program listrik desa, Di Dusun Tuan Desa Mandong Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau, Senin (20/5/2019). 

Agung mengungkapkan, untuk mengalirkan listrik ke 13.169 rumah tangga PLN menganggarkan Rp 130 miliar‎, dengan perkiraan biaya penyambungan listrik setiap rumah tangga Rp 10 juta. Dana tersebut berasal dari Penyertaan Modal Negara (PMN) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019.

‎"Macam-macam ya tergantung satu daerahnya, anggaran digunakan Rp 130 miliar potensi pelanggan 13 ribuan. Itu hitung-hitunganya satu pelanggan Rp 10 juta," paparnya.

Dia menyebutkan, infrastruktur kelistrikan yang dibangun terdiri dari jaringan tegangan menengah sepanjang 359 kilo meter sikrit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 221 kms, dan gardu distribusi dengan kapasitas 9.625 kilo Volt Amper (kVA).

"PLN baru saja melakukan groundbreaking atau penancapan tiang pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan Program Listrik Desa se-Provinsi Kalimantan Barat pada 2019,"‎ tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Alasan Prabowo Dilarang Jenguk Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma

Posted: 20 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prabowo dilarang menjenguk Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma karena alasan jam jenguk yang sudah lewat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Aksi 22 Mei, Polri Tetapkan Siaga 1 di Wilayah DKI Jakarta

Posted: 20 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri mengatakan, status pengamanan Ibu Kota masuk siaga 1. Pengamanan siaga 1 ini mulai dilakukan hari ini, Selasa (21/5/2019).

"Info dari Sops hari ini (Siaga 1)," tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Selasa (21/5/2019).

Menurut Dedi, status tersebut dipicu oleh kuatnya dugaan aktivitas kelompok terorisme yang akan terjadi saat 22 Mei 2019 nanti.

"Ya antara lain itu. Juga dalam rangka menjamin keamanan Jakarta," kata Dedi.

Status siaga 1 di wilayah Jakarta ini diketahui dari surat telegram Kapolri Jenderal Tito Karnavian bernomor 281/V/OPS.1.1.1/2019 dan ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Operasi Inspekatur Jenderal Martuani Sormin yang diedarkan pada Senin 20 Mei 2019.

Surat itu merujuk pada Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, rencana operasi Mantap Brata 2018, hasil rapat koordinasi Kapolri, dan perkembangan situasi.

Status Siaga 1 sendiri merupakan situasi di mana pihak kepolisian menugaskan 2/3 kekuatannya dan meningkatkan kewaspadaan. Polri menetapkan status siaga 1 berlangsung selama lima hari mulai dari 21 Mei hingga 25 Mei 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Pelajar U-15 Kemenpora Siap di IBER Cup 2019 Portugal

Posted: 20 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terdapat 22 pemain yang tergabung dalam Timnas Pelajar U-15 Kemenpora siap melakukan pertempuran dengan sejumlah kontestan dari belahan dunia dalam gelaran IBER Cup yang berlangsung di Estoril, Portugal pada 1-6 Juli mendatang. 

Hal tersebut dikatakan Ray Gutafson Manurung selaku Manajer Timnas Pelajar U-15 Kemenpora. Menurutnya, sebelum mendapatkan 22 kekuatan yang akan bertempur, pihaknya, bersama Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) dan Kemenpora melakukan tahap seleksi yang dikawal langsung legenda Timnas Indonesia, seperti Firman Utina, M Ridwan, Rochy Putiray, Kas Hartadi, Winaryo dan lainnya.

"Kita lakukan seleksi dari 100, 40 sampai ke-22. Dan ke-22 pemain ini kita lakukan persiapan lagi berupa TC kedua pada 9 hingga 24 Juni mendatang, bukan hanya teknis, tapi tentang potensi kedepan yang akan dikomandoi oleh tim kepelatihan seperti Aples Gidion Tecuari dan lainnya," ujar Ray Manurung, Senin (20/5/2019).

Nantinya ke-22 pemain mewakili Indonesia di pentas sepakbola U-15 tingkat dunia. Ray berharap, dalam perjalanannya banyak hal yang mampu dipetik oleh para pemain Timnas Pelajar U-15. Bahkan ia bermimpi ada beberapa skuadnya yang akan dilirik sejumlah klub top Eropa untuk melakukan trial. 

Sebab, lanjut ray, IBER Cup bukan sebatas turnamen kacangan. Ia menuturkan, ajang tersebut merupakan sebuah pintu masuk bagi para pemain junior Indonesia untuk unjuk kebolehan demi menggapai karir yang lebih tinggi kedepan. Apalagi IBER Cup juga diperkuat kontestan profesional.

"IBER Cup itu bukan level gengsi-gengsian. Pesertanya bukan lagi level SSB atau pelajar, tapi akademi klub-klub sepakbola profesional di Eropa. Seperti Madrid aja dengan dilatih Raul Gonzalez," katanya.

"Jadi kita berpikir kapan lagi kalau anak-anak ingin menjadi pemain bola, mereka harus siap ujungnya pemain bola itu seperti apa. Dan kita lihat IBER Cup ini merupakan World Cupnya U-15, makanya kita bawa kesana," sambung Ray.

Berbicara target, tentu saja ia berharap Timnas Pelajar U-15 Kemenpora mampu menggapai torehan terbaik. Namun diluar itu, terpenting baginya ialah gelaran tersebut mampu membuka wawasan para pemainnya ketika tampil menghadapi tim-tim besar di tingkat dunia.

"Target kita kesana, tentu realistis. Kami akan menghadapi akademi yang sudah bertahun-tahun latihan setiap hari dan paling tidak kita bisa mengimbangi mereka. Terlebih, nomor satu target kami adalah bagaimana mereka masuk ke Eropa dengan melawan nama-nama besar tanpa takut tapi harus excited," ujar Ray

"Tentunya ini juga akan membuka wawasan mereka agar bisa pergi ke level dunia untuk melihat bahwa pemain lain di dunia seperti itu. Makanya seminggu sebelumnya kita kesana untuk membuka wawasan mereka agar mengetahui bermain di Eropa seperti ini. Jangan malu, jangan rendah diri dan dengan berada disana kita berharap talent scouting melihat bakat-bakat pemain kita," paparnya.

Tak sampai disitu, Timnas Pelajar U-15 Kemenpora juga akan memanfaatkan kesempatan ketika berada di Eropa dengan melakukan beberapa ujicoba dengan negara lain.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta sangat mengapresiasi terbentuknya Timnas Pelajar U-15 Kemenpora yang akan mengikuti gelaran IBER Cup 2019 di Portugal ini. Dirinya menuturkan bahwa tim ini memiliki visi menjadikan bangsa yang besar ini memiliki pemain bola berkelas internasional yang dimulai dari usia remaja.

"Mari kita ciptakan sejarah kembali melalui tim ini, karena bukan hanya sekadar untuk pulang menjadi juara, namun hal besar lainnya adalah bagaimana anak usia U-15 ini mampu berkembang dengan mengikuti kompetisi ditingkat Eropa maupun dunia, namun menuju kesana bukah hanya teknis, akan tetapi non teknis, seperti halnya komunikasi yang intens dilakukan dengan stakeholder seperti federasi, pemerintah serta komunitas-komunitas sepakbola, sponsor yang harus dibangun oleh masyarakat sepakbola Indonesia," ungkapnya.

Keberangkatan tim tersebut ke Portugal diagendakan pada 27 Juni 2019 dan kembali ke Tanah Air pada 7 Juli 2019.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tarik Surat Penyidikan Makar Prabowo Subianto

Posted: 20 May 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polisi menarik Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan atau SPDP atas nama Prabowo Subianto terkait dugaan makar yang menjerat tersangka Eggi Sudjana. Polisi menyebut, belum waktunya menyidik eks Danjen Kopassus ini dalam kasus makar.

"Bapak Prabowo merupakan tokoh bangsa yang harus dihormati," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2019).

Menurut Argo, dalam kasus yang menjerat Politikus PAN tersebut, nama Prabowo hanya disebut-sebut. Oleh sebab itu, polisi menilai belum perlu menerbitkan SPDP.

"Dari hasil analisa penyidik bahwa belum waktunya diterbitkan SPDP. Karena nama Pak Prabowo hanya disebut namanya oleh tersangka Eggi Sudjana dan Lieus," kata Argo.

Oleh sebab itu, polisi merasa perlu mengambil langkah penyelidikan terlebih dulu.

"Karena perlu dilakukan croos check dengan alat bukti lain. Oleh karena itu belum perlu sidik (penyidikan) maka SPDP ditarik," kata Argo

Beredar SPDP Prabowo

Sebelumnya, beredar Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus dugaan makar atas nama Prabowo Subianto. Dalam surat itu tertulis nama Prabowo Subianto sebagai terlapor.

SPDP yang beredar itu diterbitkan Polda Metro Jaya pada 17 Mei 2019. SPDP tersebut dibuat atas laporan DR Suriyanto SH MH MKn pada 19 April terkait kasus dugaan makar dengan terlapor Prabowo Subianto.

Dalam SPDP yang beredar itu tertulis pasal yang dituduhkan kepada Prabowo adalah Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 juncto Pasal 87 dan atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1/1946.

Prabowo Subianto dinyatakan bersama-sama dengan tersangka kasus makar Eggi Sudjana diduga melakukan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara/makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat, dan atau menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau tidak lengkap.

Saat dikonfirmasi, Ketua Bidang Advokasi DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengaku belum menerima salinan SPDP atas nama Prabowo Subianto tersebut. "Enggak ada SPDP untuk Pak Prabowo, yang ada SPDP Eggi Sudjana," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (21/5/2019).

Sementara itu, Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi menyatakan belum mendapat informasi dari Polda Metro Jaya terkait beredarnya SPDP tersebut.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Green-Curry Triple Double, Warriors Sapu Bersih Blazers

Posted: 20 May 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juara bertahan Golden State Warriors melaju ke final NBA 2019. Warriors menyapu bersih Portland Trail Blazers 4-0 di final Wilayah Barat. Pada gim keempat Warriors menang 119-117 lewat overtime, Selasa (21/5/2019) pagi WIB.

Di final NBA, Warriors masih harus menunggu pemenang final wilayah timur antara Toronto Raptors dengan Milwaukee Bucks. Saat ini Bucks unggul 2-1. 

Kesuksesan Warriors menyapu bersih Blazers sungguh luar biasa. Warriors tak diperkuat Kevin Durant dan DeMarcus Cousins yang cedera sepanjang final Wilayah Barat NBA.

Stephen Curry dan Draymond Green menjadi bintang kemenangan Warriors. Keduanya sama-sama membuat triple double di gim keempat di kandang Blazers, Moda Center.

Curry menorehkan 37 poin, 13 rebound dan 11 assists. Sedangkan Green membuat 18 poin, 14 rebound dan 11 assists. Baru kali pertama terjadi ada dua pemain dari tim yang sama membuat triple double pada satu laga play off NBA.

Warriors pada gim keempat ini sempat tertinggal 17 poin. Namun kegemilangan Curry dan Green membuat pasukan Steve Kerr berhasil membalikkan keadaan dan menang lewat overtime.

Lillard Pecundang

Bintang Blazers Damian Lillard melewatkan kesempatan memenangkan Blazers dua kali. Di detik akhir waktu normal, lay up Lillard meleset sehingga laga berlanjut ke overtime.

Dan saat overtime dimana Blazers tertinggal dua poin, tembakan tiga angka Lillard yang tidak masuk.

Lillard finis dengan 28 poin dan 12 assists. Sedangkan CJ McCollum membuat 26 poin. Top skorer Blazers di laga ini adalah Meyers Leonard dengan 30 angka dan 12 rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BP Batam Rencanakan Pembangunan 10 Infrastruktur Strategis

Posted: 20 May 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Sub Direktorat Pembangunan Jalan, Jembatan dan Transportasi Massal BP Batam, Boy Zasmita, mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pembangunan dan peningkatan ruas jalan di Kota Batam, khususnya jalan - jalan menuju kawasan industri. Menurutnya, pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan ini dapat memberikan dukungan kelancaran aktivitas dan kegiatan industri di Batam.

Boy menjelaskan, pembangunan tersebut membutuhkan anggaran Rp 49,3 miliar dalam tahun anggaran 2019. Adapun rencana pembangunan strategis ini meliputi:

1. Pembangunan jalan kolektor Kawasan Industri Kabil (dari PT Musimas ke Jl. Hang Kesturi) sepanjang 985 meter dengan nilai kontrak Rp 7,5 miliar oleh kontraktor pelaksana PT Barelang Kontruksi.

2. Pembangunan jalan kolektor dan jembatan di Kawasan Industri Sekupang sepanjang 1,425 meter dengan nilai pagu sebanyak Rp 10,7 Miliar dan masih dalam penyusunan dokumen tender.

3. Pembangunan jalur ke-dua Jalan Kawasan Industri Batam Center (depan Tunas Industri Park 2) sepanjang 1,595 meter dengan nilai kontrak Rp 6,961 miliar oleh kontraktor PT Cipta Cakrawala Teknik.

4. Pembangunan dan peningkatan jalan kawasan Industri Tanjunguncang tahap dua sepanjang 945 meter dengan nilai kontrak Rp 3,458 Miliar oleh kontraktor PT Multi Sindo Internasional.

5. Peningkatan Jalan Kawasan Industri Pelabuhan Sagulung Tanjunguncang sepanjang 621 meter dengan nilai kontrak Rp 2,980 Miliar oleh kontraktor PT Belantara Karyatama.

6. Pembangunan dan Peningkatan Jalan Kawasan Industri Sei Lekop Tahap 2 sepanjang 582 meter dengan nilai kontrak Rp 2,812 Miliar oleh PT Cipta Cakrawala Teknik.

7. Perbaikan Jalan Kawasan Industri Sintai Tanjung Uncang sepanjang 1,569 meter dengan nilai kontrak Rp 4,106 Miliar oleh PT Rufiyando Humbang Persada.

8. Perbaikan underpass Pelita Tahap I. dengan nilai pagu Rp 6,4 miliar dan masih dalam penyusunan dokumen.9. Peningkatan drainase utama di kawasan Perumahan Tiban Koperasi Segmen A, C dan D dengan nilai kontrak Rp 1,7 miliar oleh CV. Anugrah Sakti.

10. Peningkatan Drainase Utama kawasan Perumahan Tiban Koperasi Segmen B dengan nilai pagu Rp 1,1 Miliar dan dalam tahap sosialisasi pekerjaan di lapangan.

Direktur Pembangunan Prasarana dan Sarana, Herawan, mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan melaksanakan perbaikan Jembatan II Barelang setelah kapal tanker Eastern Glory menabrak jembatan pada Januari 2019. Pelaksana perbaikan akan dilakukan PT PSL yang sebelumnya juga terlibat pembangunan jembatan II Barelang.

"Perbaikan dilakukan dalam waktu dekat, sebelum itu kita akan rapat kembali dengan pihak terkait," ujarnya, dalam keterangan tertulisnya.

Perbaikan dilakukan setelah melalui beberapa proses, mulai dari invetigasi oleh Komisi Keamanan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan tim ahli. Adapun total biaya perbaikan 900 ribu dolar Singapura atau Rp 9,3 miliar.

Juru Bicara Kepala BP Batam, Ferdiana Sumiartony, meyakini pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di Batam dapat menjadikan daya saing Batam sebgai tujuan investasi.

"Pembangunan dan peningkatan jalan merupakan salah satu program BP Batam setiap tahunnya, terutama di kawasan industri dengan harapan mendukung kelancaran arus barang dan pemerataan pembangunan," ucapnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lolos Uji, Perusahaan Ini Siap Luncurkan Taksi Terbang Pertama di Dunia

Posted: 20 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang berandai-andai bahwa di masa depan mobil bisa terbang untuk mengatasi kemacetan. Sepertinya hal ini sudah tak sekadar angan-angan. Pasalnya, telah diwujudkan oleh taksi terbang bernama Lilium Jet. Taksi terbang ini diproduksi oleh Lilium, perusahaan yang memelopori kendaraan listrik terbang untuk masa depan.

Startup taksi terbang Jerman, Lilium, mengumumkan tes pertama dari pesawat lima kursi all-electric dengan skala penuh. Itu adalah hasil terbaru dari serangkaian tes yang berhasil dari industri penerbangan listrik yang baru lahir ini. Taksi terbang ini bertujuan untuk mewujudkan kendaraan "mobil terbang" di masa depan.

Dalam uji terbang pertamanya, Lilium Jet berhasil memberikan harapan bahwa revolusi transportasi bisa dimulai. Jika sebelumnya Dubai telah menguji coba mobil terbang dua tahun lalu dengan kapasitas 2 kursi. Kini, startup dari Munich, Jerman mengungguli Dubai dengan taksi terbang yang memiliki kapasitas 5 kursi, seperti yang Liputan6.com lansir dari The Verge, Selasa (21/5/2019).

Kendaraan Masa Depan

Lilium Jet (sumber: theverge)

Perusahaan Jerman ini pun berencana untuk mewujudkannya dalam enam tahun ke depan.  Direncanakan orang-orang dapat memesan Lilium Jet dari landasan pendaratan terdekat mereka melalui aplikasi di smartphone. Lilium belum mengungkapkan berapa biaya layanannya, tetapi mereka mengklaim akan sebanding dengan harga taksi reguler.

Lilium Jet didukung dengan 36 mesin jet yang semuanya ditenagai dengan listrik. Taksi terbang masa depan ini tidak memiliki ekor, kemudi, baling-baling, atau gearbox sehingga mesin turbo listrik merupakan satu-satunya bagian yang menggerakannya. Lilium mengklaim bahwa taksi terbang mereka dapat melaju dengan kecepatan tertinggi mencapai 300 km/jam.

Taksi terbang futuristik ini juga dapat menjangkau wilayah sejauh 300 kilometer. Perusahaan pertama kali menyelesaikan uji terbang prototipe taksi terbang dengan dua tempat duduk pada tahun 2017. Pada awal Mei 2019, Lilium sukses menguji coba prototipe taksi terbang lima kursi dengan mesin listrik turbo. Lilium Jet diharapkan akan beroperasi penuh pada berbagai kota besar seluruh dunia di tahun 2025.

Persaiang Taksi Terbang

Lilium kini telah mengumpulkan dana sebesar 100 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun dari para investor. Mereka juga telah memiliki 300 karyawan yang siap mengembangkan taksi terbang masa depan. Dalam mewujudkan impian itu, perusahaan Jerman ini akan menghadapi beberapa nama besar dalam bisnis ini. Ada Uber yang bermitra dengan NASA dengan tujuan meluncurkan jaringan taksi terbang pada tahun 2023.

Nama-nama besar lainnya yang bekerja pada mobil terbang termasuk adalah Boeing (BA) dan Rolls Royce (RYCEF). Lilium, yang didirikan pada tahun 2015, mengklaim pesawatnya mampu melakukan perjalanan yang jauh lebih lama daripada mayoritas pesaingnya. Hal ini tentu menarik investor seperti Atomico, dana investasi teknologi yang dipimpin oleh salah satu pendiri Skype Niklas Zennstrom dan raksasa teknologi China Tencent (TCEHY) untuk menjadi investor utama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Meninggalkan 10 Hal Ini di Dalam Mobil

Posted: 20 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meninggalkan sesuatu yang penting di dalam mobil saat parkir bukanlah hal yang bagus. Apalagi jika kondisi tempat parkir di bawah terik matahari, akibatnya bisa fatal.

Bahkan ketika parkir saat suhu mencapai 22 derajat celcius, ada baiknya membiarkan mobil kosong. sebab, suhu dalam kabin mobil bisa meningkat hingga 48 derajat celcius hanya dalam waktu satu jam. Maka itu, jangan pernah meninggalkan 10 hal ini seperti dikutip dari Zing.

1. Anak-anak dan Binatang Peliharaan

Bahkan pada suhu dingin pun, meninggalkan anak atau binatang di dalam mobil bisa mengancam nyawa mereka. Pada 2005, penelitian yang dilakukan oleh Stanford University of Medicine (Amerika Serikat) menunjukkan bahwa adanya anak-anak yang meninggal meskipun suhu di bawah 21 derajat celcius. Saat cuaca panas, temperatur di dalam mobil bisa mencapai 70-80 derajat celcius saat mobil berhenti, hal itu jelas sangat berbahaya untuk orang dan bahkan binatang di dalam mobil.

2. Obat Tablet

Pada temperatur tinggi, efek obat akan berkurang. Menurut Dr Minnesota Westberg of Minnesota College of Pharmacy di Amerika Serikat, obat seharusnya disimpan dalam tempat yanng bersuhu antara 20-25 derajat celcius. Ketika cuaca panas dengan temperatur tinggi, banyak obat bisa meleleh.

 

3. Botol Minum dan Kotak Makan

3. Botol Minum dan Kotak Makan

Jika kamu meninggalkan botol plastik berisi air dan tempat makan plastik di dalam mobil yang panas, racun yang terkandung dalam plastik akan meresap ke minuman atau makanan. Bahan kimia BPA bisa mengubah hormon dari waktu ke waktu dan meningkatkan risiko gangguan endokrin.

4. Gadget

Pada temperatur tinggi, baterai dari perangkat elektronik bisa berkurang secara signifikan, terutama baterai lithium-ion. Apple juga merekomendasikan bahwa suhu yang lebih tinggi dari 35 derajat celcius secara signifikan akan mempengaruhi baterai iPhone, iPad, dan MacBook.

5. Sunscreen

Pada hari yang panas, banyak perempuan yang tak melupakan sunscreen. Biasanya juga meninggalkannya di mobil. Tapi temperatur tinggi itu bisa mengurangi efektivitas dari sunsreen.

6. Wine atau Bir

Temperatur yang tinggi adalah musuh dari alkohol. Sebab, suhu yang panas bisa mengurangi kandungan alkohol bahkan rasanya.

 

 

7. Coklat

7. Coklat

Coklat bisa meleleh pada suhu di atas 26 derajat celcius. Itu mengapa jika kamu menyimpan coklat atau permen di tempat yang panas, kedua makanan itu bisa meleleh.

8. Krayon (Pastel)

Seperti coklat, pastel tidak tahan suhu tinggi. Pada suhu 40 derajat celcius warna akan memudar lalu pada suhu 48 derajat celcius akan meleleh. Jika memiliki anak-anak yang membawa krayon, maka jangan biarkan alat pewarna itu tertinggal di dalam mobil.

9. Roda Ban

Ban bisa meledak jika dibiarkan di dalam mobil dengan kondisi suhu panas. The New York Times mengatakan, panas menyebabkan udara di ban mengembang, menyebabkan ban meledak. Temperatur yang tinggi juga melemahkan karet ban.

10. Kacamata

Temperatur yang tinggi bisa menyebabkan kacamata hitam meleleh. Sekaligus mengurangi efek perlindungan matahari dari kacamata itu sendiri.

Sumber: Otosia.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Disebut Mirip Ikan Mas, Aishwarya Rai Dipuji bak Cinderella

Posted: 20 May 2019 09:03 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Aktris asal India, Aishwarya Rai kembali tampil di Cannes Film Festival. Ia berpose dua kali di karpet merah dengan dua gaun berbeda. Salah satunya sempat disebut mirip ikan mas.

Gaun pertama berwarna hijau keemasan dikenakan istri Abhisek Bachan merupakan rancangan Jean-Louis Sabaji, seorang desainer keturunan Lebanon. Dilansir laman Harper Bazaar Arabia, gaun yang dirancang khusus untuk aktris Bollywood tersebut terinspirasi dari dewi-dewi dalam mitologi kuno Yunani.

"Saat Aishwarya jalan di karpet merah, dia akan bersinar seperti dewi dengan enam layer di ekor gaun yang mengikutinya sebagai simbol kelengkapan dan kecantikan," kata Sabaji kepada Bazaar, dikutip Selasa (21/5/2019).

Pembuatan gaun yang ditampilkan di premier film A Hidden Life di Cannes Film Festival 2019 tersebut memakan waktu 200 jam. Gaun bergaya mermaid itu memakai 18 meter bahan kaku dan kulit yang dilapis bahan yang rumit.

Meski begitu, kritikan pedas tetap datang kepada Aishwarya. Penampilan perempuan berusia 45 tahun tersebut dinilai mengecewakan. Bahkan, laman Times of India menyebut pemeran film Devdas mirip dengan ikan mas.

Kritikan juga disampaikan sejumlah warganet. "Finally... all the chocolate wrapping foils came in handy. (Akhirnya, semua cokelat dilapis kertas foil jadi lebih praktis)," tulis seorang warganet.

Warganet lainnya menyatakan, "Dress is such a disappointment! (Gaun itu mengecewakan)."

 

 

Gaun Putih Berbulu

Aishwarya Rai di Cannes Film Festival. (LOIC VENANCE / AFP)

Setelah jadi bulan-bulanan, Aishwarya seakan ingin membalas kritikan dengan tampil di karpet merah hari berikutnya, Senin malam, 21 Mei 2019. Kini, ia memilih sebuah tulle ballgown keluaran Ashi Studio.

Brand ambassador L'oreal yang kini menginjak 18 tahun itu melengkapi penampilannya dengan syal bulu berwarna putih. Aish, panggilan akrabnya, tampil lebih elegan dengan riasan mata keperakan hasil karya makeup artist Stephane Lancien.

Atas perubahan penampilan itu, media yang sama yang sempat menyebutnya mirip ikan mas, memujinya dengan mengatakan bak Cinderella. Warganet pun setuju dan bahkan membandingkannya dengan penampilan aktris Deepika Padukone yang lebih dulu tampil di karpet merah Cannes Film Festival.

"QUEEEN ROCKING THE RED CARPET," tulis seorang warganet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Bangga Aan Raih Juara Dunia Berkuda

Posted: 20 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Imam Nahrawi mengapresiasi atlet berkuda Muhammad Akbar Kurniawan (15) atau yang biasa dipanggil Aan berhasil menjadi Juara Dunia Berkuda Junior di seri kejuaraan dunia Longines Master-HKJC Asian Junior Challenge 2019 yang berlangsung di Hongkong, Sabtu (16/2). 
 
Pada lomba tersebut Akbar turun di kelas jumping U 14-18 dan bersaing ketat dengan atlet tuan rumah.Sukses pada Longines Master-HKJC Asian Junior Challenge 2019 menambah catatan prestasi atlet muda Indonesia ini setelah sebelumnya sukses menjadi yang terbaik pada kejuaraan Asia-Australia 2018 di Taiwan dan kejuaraan Asia 2018 di Thailand.
 
Apresiasi ini diberikan Menpora saat Aan bersama orang tuanya Fatchul Anas Ayahnya, Ketua Pordasi DKI Jakarta Alex Asma Subrata dan pengurus lainnya diterima Menpora di ruang rapat lantai 10, Kemenpora Kemenpora, Senin (20/5) sore. 
 
"Saya bangga sekaligus senang, Akbar sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Hal ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat Indonesia khususnya para atlet. Karena kita tidak lagi di pandang sebelah mata oleh negara-negara lain. Karenanya atas pemerintah kami ucpakan terima kasih kepada Aan dan tim," ucapnya. 
 
Terus terang, lanjutnya, ini sebuah kejutan bagi pemerintah dan negara Indonesia karena Aan sudah membuat sejarah besar bagi cabor berkuda Indonesia yang mungkin dulunya  sebagian orang memprodiksi biasa-biasa ternyata dengan keteguhan hati, dukungan orang tua, pelatih dan Pordasi bahwa Aan sudah membuktikan dan memberi kabar terindah bagi Indonesia dengan menyanyikan lagi Indonesia Raya dan mengibarkan  merah putih di mata dunia. 
 
"Karenanya semangat Aan ini harus terus dijaga dan kita akan terus mengawal agar cita-cita Aan masuk Olimpiade tercapai. Di usia yang sangat relatif muda ini ternyata cita-citanya sangat mulia untuk membawa nama Indonesia lewat cabor kuda ini ke kencah internasional. Insya Allah dengan dukungan kita semua Aan akan menjadi anak zaman yang akan terus mengawal kegembiraan indonesia lewat prestasinya ini," tambahnya. 
 
Ia pun berharap tempat latihan cabor berkuda Pulamas yang bangun untuk Asian Games lalu  ini bisa digunakan. "Saya berharap Pulomas yang dibangun untuk Asian Games lalu bisa dijadikan markas karena dari sisi standart, jarak bisa dgunakan untuk mewujudkan cita-cita Aan. Dan Aan harus sering mengikuti single even internasional agar Aan semakin banyak lagi pengalaman, " jelasnya.
 
Sementara itu, Aan pun merasa bersyukur bisa menjuarai tiga kejuaraan dunia sekaligus. "Alhamdulilah, saya sangat bersyukur bisa menjuarai tiga kejuaran sekaligus. Pertama kali saya ikut kejuaran Asia-Australia 2018 di Taiwan, kedua di kejuaraan Asia 2018 di Thailand, dan ketiga di kejuaraan dunia Longines Master-HKJC Asian Junior Challenge 2019 Hong Kong. Harapan saya ke depan semoga saya bisa berprestasi di Olimpiade dengan membawa nama Indonesia," ucapnya. 
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serangan Udara Rusia di Provinsi Idlib Tewaskan 5 Bocah Suriah

Posted: 20 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Damaskus - Serangan udara Rusia dilaporkan membuat 10 warga sipil tewas, termasuk lima anak-anak, di provinsi Idlib yang dikuasai oposisi di barat laut Suriah, kata aktivis dan lembaga pemantau, beberapa jam setelah Moskow mengumumkan gencatan senjata.

Militer Rusia mengatakan serangan udara pada Minggu malam di kota Kafranbel, di provinsi Idlib, dilakukan setelah menemukan fakta bahwa kota Hmeimim berperan sebagai landasan peluncuran roket oposisi.

Dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (21/5/2019), Organisasi Pertahanan Sipil Suriah, juga dikenal sebagai Helm Putih, mengatakan lima anak di antara 10 warga sipil tewas dalam serangan udara pada Minggu malam di Kafranbel.

Sementara Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia juga melaporkan jumlah korban tewas yang sama, yang katanya termasuk empat perempuan dan satu orang laki-laki.

Kelompok bersenjata Hay'et Tahrir al-Sham (HTS), mantan afiliasi al-Qaeda, mengendalikan sebagian besar provinsi Idlib serta sebagian provinsi Aleppo, Hama, dan Latakia yang berdekatan.

September lalu, Rusia dan Turki, yang mendukung beberapa kelompok bersenjata di kawasan itu, setuju untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi, di mana tindakan agresi akan secara tegas dilarang.

Namun pemerintah Suriah dan sekutunya, telah meluncurkan sejumlah serangan di dalam zona de-eskalasi sejak akhir April, mendorong PBB untuk memperingatkan potensi krisis kemanusiaan yang terjadi di wilayah tersebut.

Kesaksian Pilu

Relawan White Helmets menyingkirkan reruntuhan bangunan untuk mencari korban serangan militer di Provinsi Idlib, Suriah, Minggu, (7/1). Selain menewaskan 25 orang, serangan ini juga melukai 100 lainnya. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Serangan udara Rusia menghantam dekat sebuah rumah sakit di Idlib, yang seketika membuatnya tidak berfungsi, kata Observatorium Suriah.

Seorang koresponden AFP melihat lima rumah di pinggiran kota Hmeimim yang hancur setelah serangan terkait.

Korban selamat segera mengais puing-puing untuk menyelamatkan barang-barang berharga, kata wartawan itu.

Sementara seorang pemuda berselimut debu dari kepala hingga ujung kaki bersandar ke dinding karena terkejut, setelah ayahnya tewas dalam serangan udara itu.

Umm Wasel --nama pemuda tersebut-- selamat dari serangan udara di rumahnya, ketika berkunjung ke kediaman kerabat yang mengundangnya untuk berbuka puasa.

"Saya kembali pada malam hari, dan menemukan rumah saya hancur," kata pria 22 tahun itu, mengenakan jubah merah panjang dan syal hitam menutupi rambutnya.

Orang-orang "mengira saya berada di bawah puing-puing", katanya.

Banyak Anak Tewas dalam Konflik Suriah

Anak-anak melambaikan tangan dekat tenda pengungsian mereka yang kebanjiran di Kamp Cordoba, Batabu, Idlib, Suriah, Rabu (16/1). Hujan badai membuat kamp pengungsian mereka kebanjiran. (Aaref Watad/AFP)

Kelompok HAM internasional Save the Children pada hari Senin mengatakan 38 anak-anak telah tewas dalam penembakan di Suriah barat laut sejak 1 April, termasuk sembilan di sekolah, tujuh di pasar dan satu di rumah sakit.

"Sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur sipil penting lainnya harus dilindungi dari serangan," kata direktur badan amal Suriah Sonia Khush.

"Anak-anak sangat rentan terhadap dampak senjata peledak, dan pihak-pihak yang bertikai harus melakukan upaya khusus untuk melindungi mereka," katanya.

Setidaknya 167 warga sipil telah kehilangan nyawa mereka di Idlib sejak 25 April, dengan lebih dari 415 warga sipil terluka, menurut sumber pertahanan sipil.

Sekitar tiga juta orang saat ini tinggal di provinsi Idlib, sekitar setengahnya mengungsi dari bagian lain Suriah yang dilanda perang saudara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekapitulasi KPU Selesai, IHSG Bakal Terus Menghijau

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengaku optimistis hasil akhir perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdampak positif bagi indeks harga saham gabungan (IHSG).

Meski nilai transaksi saham harian sempat turun, dirinya mengaku yakin laju gerak IHSG berpeluang kembali naik (rebound) dalam beberapa hari ke depan.

"Kami harapkan pengumuman itu (KPU) tidak ada apa-apa. Saya yakin sekali. Jadi kembali lagi kemarin-kemarin itu memang agak overshoot sehingga sekarang sudah mulai collect (saham) lagi (investor)," terangnya di Gedung BEI, Selasa (21/5/2019).

Dia melanjutkan, meski belakangan IHSG sempet terkoreksi cukup dalam, investor asing kini sudah kembali masuk ke pasar domestik. Pihaknya optimistis hal ini dapat mengkerek IHSG untuk kembali ke zona hijau.

"Insha Allah positif ya, kami harapkan bisa kembali semula. Bisa kita lihat dalam 2 hari ini sudah mulai rebound meskipun kemarin-kemarin memang penurunannya agak terlalu dalam," ujarnya.

Dia pun menekankan investor asing sudah mulai kembali masuk ke bursa saham Tanah Air.

"Dalam waktu kemarin belakangan memang keluar, tapi kita lihat bahwa beberapa hari terakhir ini kan sudah mulai masuk kembali," kata dia.

Perdagangan Hari Ini

Pengunjung melintasi layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (10/2). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memerah pada awal perdagangan pekan ini. Investor asing melakukan aksi jual di seluruh pasar.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa (21/5/2019), IHSG menguat 18,29 poin atau 0,31 persen ke posisi 5.925,41. Pada pembukaan pukul 09.00 waktu JATS, IHSG masih tetap menghijau dengan kenaikan lebih besar yaitu mencapai 33,57 poin atau 0,57 ke posisi 5.940,69.

Indeks saham LQ45 juga ikut menguat 0,80 persen ke posisi 924,55. Seluruh indeks saham bergerak menghijau.

Sebanyak 133 saham menguat sehingga membawa IHSG ke zona hijau. Kemudian 21 saham melemah dan 118 saham diam di tempat.

Pada awal perdagangan saham, IHSG sempat berada di level tertinggi 5.945,70 dan terendah 5.925,41. 

Total frekuensi perdagangan saham 14.456 kali dengan volume perdagangan 1,1 triliun saham. Nilai transaksi harian saham Rp 331 miliar.

Investor asing jual saham Rp 25 miliar di total pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.463.

Sebagian besar sektor saham menguat. Hanya sektor perkebunan yang melemah tipis 0,05 persen.

Adapun sektor saham yang menguat, antara lain aneka pertambangan naik 0,72 persen dan catatkan penguatan terbesar. Diikuti sektor kontruksi naik 0,67 persen dan sektor industri dasar sebesar 0,53 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Miller Ungkap Penyebab Gagal Rebut Podium di MotoGP Prancis

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Le Mans- Jack Miller menyesali strateginya yang terlalu bernafsu melawan Marc Marquez di lap-lap awal balapan di MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2019). Ini membuat dia terlalu cepat habiskan ban.

Karena ban yang aus, Jack Miller pun harus puas finis di posisi keempat pada MotoGP Prancis lalu. Pembalap Pramac Yamaha itu kalah dari pembalap Mission Winnow Ducati, Danilo Petrucci. 

Miller memang sangat bernafsu di awal balapan.Dia bahkan sempat memimpin pada lap kelima dan enam.

Namun keunggulannya tidak lama karena Marc Marquez, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci melewati dia satu per satu.Untunglah, dia tidak kalah dari Valentino Rossi yang menguntitnya di posisi lima di MotoGP Prancis.

"Ini balapan bagus. Saya menikmatinya. Motor berjalan dengan baik dan mungkin saya sedikit terbawa suasana saat awal balapan. Ini membuat ujung ban saya cepat habis," katanya seperti dikutip crash.net

 

 

Belajar Lagi

Jack Miller (AFP)

Jack Miller mengatakan, dia butuh belajar lagi untuk mengetahui bagaimana merawat ban hingga tidak cepat habis. Soalnya, kalau soal kecepatan, pembalap Pramac Ducati itu yakin bisa menyamai Marc Marquez.

"Saya mencoba susul Marquez karena saya merasa punya kecepatan. Tapi saya tak tahu apakah bisa menjaga kecepatan sepanjang balapan," katanya seperti dikutip crash.

"Menyenangkan bisa lewati Marquez karena itu tunjukkan kami bisa melawan. Namun saya harus lebih paham lagi bagaimana melakuan lap time tanpa menghabiskan ujung ban."

Miller juga sempat membiarkan Andrea Dovizioso menyusulnya. Dengan harapan, dia bisa kejar Marquez tapi pembalap asal Australia itu merasa Dovi tak punya akselerasi bagus.

Pabrikan Ducati

Di ujung balapan, Miller mengaku hanya bisa melihat duel duo pembalap pabrikan Ducati, Dovizioso dan Petrucci berebut posisi dua. Miller merasa sektor terakhir menjadi titik lemahnya.

"Saya sempat berharap bisa kalahkan mereka di sektor satu, dua dan tiga karena masih dalam jangkauan, tapi saya kalah lagi," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai 8 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Sebabkan Rasa Cemas

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan Anda sebelum tidur rupanya berpengaruh besar terhadap kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan kecemasan. Menurut ahli, apa yang Anda lakukan di malam hari bisa memperburuk rasa cemas di esok hari. 

"Sebelum Anda tidur harus ada waktu untuk relaks dan merasa tenang. Cobalah untuk melakukan olahraga relaksasi sebelum tidur. Fokus pada pernapasan dan biarkan stres serta ketegangan meninggalkan tubuh Anda," kata psikiater dan pendiri Saranga Comprehensive Psychiatry, Reshmi Saranga.

Lakukanlah hal yang membuat Anda nyaman sebelum tidur. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meredupkan lampu kamar atau menggunakan lilin aromaterapi yang membuat diri tenang.

Melansir dari Bustle, berikut beberapa kebisasaan sebelum tidur yang harus Anda ubah untuk mengurangi rasa cemas:

1. Rutinitas yang selalu sama

Anda mungkin akan merasa lebih nyaman melakukan hal yang sama sebelum tidur setiap malam. Tapi, terlalu tegas terhadap diri sendiri dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda.

"Hal ini dapat meningkatkan rasa cemas, karena jika seseorang dengan rasa cemas tidak melakukan hal yang biasa dilakukan maka mereka akan merasa tidak stabil, gagal atau bahkan merasa kalah. Rasa cemas akan meningkat dan muncul perasaan bahwa mereka harus menebusnya di esok hari," kata pekerja sosial klinis berlisensi (LCSW) Charese L Josie.

 

 

 

Menyelesaikan Seluruh Pekerjaan Rumah

2. Menyelesaikan Seluruh Pekerjaan Rumah

Tidur dengan kondisi rumah yang bersih memang akan membuat Anda merasa lebih biak. Namun, menjadi terlalu produktif sebelum tidur dapat memunculkan masalah.

"Ini akan meningkatkan rasa cemas karena orang dengan rasa cemas percaya bahwa mereka harus melakukan hal tertentu untuk mengurangi kecemasan," kata Charese L Josie.

3. Langsung Tidur

Menurut Charese L Josie, orang dengan rasa cemas butuh waktu untuk tenang sebelum tidur. Terlalu fokus pada apa yang harus dilakukan pada malam hari akan mempengaruhi rasa cemas Anda. Cobalah untuk berhenti melakukan tugas apapun 30 menit sebelum tidur. Dedikasikan waktu tersebut untuk ketenangan Anda.

4. Memikirkan Hari Esok

Psikoterapis dan LCSW serta pendiri ME Therapy mengungkapkan bahwa terkadang Anda memikirkan semua ketakutan Anda sebelum tidur. Ini dapat memperparah rasa cemas.

Misalnya, Anda merasa stres mengenai situasi kerja yang canggung dengan rekan kerja maka hindari terlalu mengkritik diri sendiri. Anda dapat aktif bekerja dengan menempatkan situasi canggung tersebut dalam sisi yang positif.

Baca Buku Non-Fiksi

5. Membaca Buku Non-Fiksi

Jika Anda senang membaca sebelum tidur, perhatikan jenis buku yang Anda baca. Menghindari bacaan bertema thriller atau misteri psikologi mungkin baik tetapi menjauhi buku non-fiksi juga dapat membantu Anda lebih rileks.

"Buku non-fiksi mengaktifkan bagian otak kiri, belajar, analisis dan penyelasaian masalah saat kita mencoba untuk membacanya," kata Master Certified Life Coach Natalie Miller.

Natalie Miller justru menyarankan Anda untuk membaca buku yang menggunakan imajinasi. Seperti novel fantasi.

"Memasuki dunia fiksi sebelum tidur dapat menurunkan tingkat stress, meningkatkan pandangan serta kreativitas kita," kata Natalie Miller.

6. Paparan Sinar Terlalu Terang

Menurut Natalie Miller, lampu yang terlalu terang pada malam hari dapat berdampak negatif terhadap rasa cemas yang Anda miliki.

"Gunakanlah lampu dengan sinar 'hangat' dibandingkan dengan sinar yang terlalu terang saat matahari terbenam untuk memberikan sinyal yang konsisten pada tubuh bahwa waktu tersebut merupakan waktu untuk tidur," kata Natalie Miller.

Hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih tenang nantinya.

Waktu Tidur yang Berbeda

7. Melakukan Aktvitas di Atas Tempat Tidur

Ahli kesehatan mental Alyssa Prete mengatakan bahwa tempat tidur seharusnya hanya digunakan untuk tidur dan hubungan intim. Jangan menonton TV, membaca, melakukan pekerjaan, atau hal lain yang tidak berhubungan dengan tidur di tempat tidur Anda.

"Otak akan mengasosiasikan Anda dengan aktivitas lain saat Anda ingin tidur sehingga akan sulit memiliki pikiran yang tenang. Hal ini menjadi pemicu rasa cemas," kata Alyssa Prete.

Untuk menghindari hal tersebut, biasakanlah melakukan kegiatan sebelum tidur di ruang lain misalnya ruang keluarga Anda. Hal ini akan membuat Anda terbiasa untuk langsung tidur saat sudah di tempat tidur.

8. Waktu Tidur yang Berbeda

Anda mungkin memiliki waktu tidur yang berbeda-beda setiap harinya. Pada hari Kamis, Anda mungkin tidur lebih cepat untuk bangun di pagi hari esoknya. Sebaliknya, pada hari Sabtu Anda cenderung untuk tidur lebih malam dibandingkan biasanya.

Anda memang tidak perlu terlalu keras dengan diri sendiri. Namun, waktu tidur yang tidak konsisten dapat mempengaruhi kesehatan mental Anda.

"Cobalah untuk mengikuti waktu tidur yang konsisten meskipun saat akhir pekan. Anda akan merasa lebih seimbang dan tidak khawatir kekurangan durasi tidur yang biasanya menyebabkan rasa cemas," Kata Alyssa Prete.

Penulis: Khairuni Cesario

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecelakaan Maut di Jember, 1 Tewas 5 Terluka

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Kecelakaan maut yang melibatkan 6 kendaraan terjadi di Jalan Raya Provinsi, Desa Tegal Rejo, Jember, Jatim, Senin (20/5/2019). Satu orang dilaporkan meninggal dunia, yaitu pengendara sepeda motor atas nama Romdhani Ubaydillah (36).   

Peristiwa nahas yang menewaskan korban PNS itu terjadi saat kendaraan sedang ramai, sekitar pukul 06.30 WIB.

"Saat berada dipinggir jalan, hendak menyiram bibit kopi, saya dikejutkan suara benturan keras Beruntun. Truk Fuso mengerem mendadak, karena ada  Sepeda motor Honda Scoopy terjatuh, Truk Fuso ditabrak sepeda motor, pengendara sepeda motor ditabrak truk engkel, Truk engkel ditabrak dua sepeda motor, karena berhenti mendadak," kata salah seorang saksi mata, Anton Supriyadi (50), Senin (20/5/2019).  

Dia menjelaskan, awalnya sejumlah kendaraan berjalan bersama-sama melaju dari arah Timur Jalan Raya Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang. Paling depan sejumlah pelajar melaju dengan kecepatan sedang, salah satunya mengendarai sepeda motor Honda Scoopy, berboncengan dengan temannya.

Di belakang siswa tersebut, juga melaju searah truk Fuso, sepeda motor  Honda Vario, yang dikendarai korban Romdhani, juga diikuti truk engkel, dan dua sepeda motor yang dikendarai pelajar putri dan mahasiswi. Sesampai di TKP, dekat tikungan tajam, sepeda motor Honda Scoopy terjatuh. Melihat kejadian itu, sopir truk Fuso, melakukan pengereman mendadak. 

"Karena jarak sangat dekat, truk Fuso tetap menabrak sepeda motor Scoopy. Sepeda motor masuk dibawah kolong truk," jelas Anton.

"Namun kedua pelajar pengendara sepeda motor dan penumpangnya selamat, karena melompat saat terjadi benturan," imbuhnya.

Karena truk Fuso berhenti mendadak, sepeda motor yang dikendarai Romdhani, yang posisinya berada persis di belakang truk Fuso, menabrak bagian belakang truk Fuso. Sepeda motor Romdhoni, juga masuk ke kolong belakang truk Fuso.

Pada saat bersamaan sepeda motor Romdhani, ditabrak truk engkel, yang melaju dibelakangnya. Akibatnya, kepala korban, tergencet kedua badan truk, sehingga meninggal dunia di TKP. Demikian juga dua sepeda motor Honda Vario dan Honda Beat, yang sama-sama berboncengan, juga menabrak bagian belakang truk engkel, sehingga terjatuh.

"Usai kejadian, masyarakat membantu mengevakuasi korban. Juga sepeda motor Honda Scoopy, yang masih berada dibawah truk Fuso, setelah berhasil dievakuasi siswa dan sepeda motor langsung dibawa pulang. Informasi orang Sempolan Kecamatan Silo Kabupaten Jember," ujar Rahmat.

Pantauan di lokasi, anggota unit Laka satlantas Polres Jember, melakukan olah tempat kejadian perkara, serta mencari saksi mata dalam kasus kecelakaan maut tersebut. Sedangkan 1 korban meninggal dunia, langsung dibawa ke RSD Dokter Subandi Jember. Sedangkan 5 orang mengalami luka ringan dibawa ke Puskesmas Mayang.             

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Stang Motor Bersarang di Rahim Wanita India

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita India baru-baru ini mencuri perhatian publik khususnya dunia medis. Wanita 6 anak tersebut mengeluh merasakan rasa sakit perut yang tak tertahankan. Ketika diperiksa betapa terkejutnya para dokter bahwa ternyata terdapat stang motor bersarang di rahimnya.

Stang motor tersebut bahkan telah berada di sana selama 2 tahun. Tim medis membutuhkan setidaknya 6 jam untuk mengeluarkan stang motor tersebut. Nyatanya benda itu dimasukkan secara oleh suaminya ketika dalam keadaan mabuk.

Artikel tentang sebuah stang motor bersarang di rahim wanita India selama 2 tahun menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel terpopuler kedua yaitu tentang bentuk dahi yang dipercaya bisa membawa hoki besar. Sementara artikel terpopuler ketiga tentang manfaat mayones dalam kehidupan sehari-hari yang belum banyak orang tahu.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Stang Motor Bersarang di Rahim

foto: Asian Press

Ada begitu banyak hal-hal terduga dalam dunia medis yang terkadang membuat kita tak habis pikir. Hal ini seperti yang dialami seorang wanita asal India yang baru-baru ini membuat publik tercengang.

Wanita 30 tahun tersebut belum lama ini mengejutkan para dokter di Rumah Sakit MY di Indore, Madya, Pradesh, India. Pasalnya tim medis di rumah sakit itu menemukan sebuah benda aneh di dalam rahim wanita yang tak disebutkan identitasnya tersebut. Bagaimana tidak, hasil CT Scan memperlihatkan sebuah stang motor "bersarang" di dalam rahimnya.

Selengkapnya…

2. Bergembiralah, Pemilik Dahi Seperti Ini Dipercaya Pembawa Hoki Besar

Ilustrasi serum/copyright shutterstock

Kepribadian seseorang bisa dilihat dengan berbagai cara, salah satunya melalui wajah. Ahli feng shui bahkan percaya bahwa keberuntungan seseorang bisa dilihat dari bentuk dan juga kulit wajah.

Orang Tionghoa sangat menjunjung tinggi kulit wajah yang bersih dan bebas noda. Ini karena noda di wajah dianggap akan membuat rejeki seret. Mereka percaya jika noda-noda yang timbul di wajah berhubungan dengan hal yang tidak baik, misalnya kesehatan, peruntungan, jodoh dan sebagainya.

Selengkapnya…

3. Tak Banyak yang Tahu, 5 Manfaat Lain Mayones untuk Kehidupan

Sumber: seriouseats.com

Mayones menjadi salah satu jenis saus yang sangat cocok digunakan sebagai campuran untuk beragam makanan. Hampir semua orang tentu pernah menggunakan saus ini sebagai tambahan di dalam makanan mereka.

Mayones merupakan tambahan yang sempurna untuk membalut berbagai macam jenis makanan. Kebanyakan, mayones digunakan sebagai campuran dari makanan cepat saji, seperti burger, hot dog, kebab, french fries, ayam goreng, dan sebagainya.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Menghilangkan Amarah

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan kali ini berisi doa yang dibaca untuk menghilangkan amarah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Promosi Ekspor Produk UKM Indonesia, BukaGlobal Hadir di Singapura

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Bukalapak secara resmi menjadi e-commerce Indonesia yang membuka akses bagi para pelaku usaha kecil dan menengah Indonesia untuk meningkatkan daya saing dan memperluas jangkauan bisnisnya ke luar negeri.

Inovasi terbaru ini dinamakan BukaGlobal, yang secara resmi diluncurkan untuk pertama kali di Singapura, bertempat di KBRI pada Senin 20 Mei 2019.

BukaGlobal akan menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan konsumen di pasar global, termasuk diaspora Indonesia di luar negeri.

Setelah Singapura, empat negara lainnya yang akan menjadi tujuan dari BukaGlobal adalah Malaysia, Hongkong, Taiwan, Brunei Darussalam, dan diharapkan akan terus berkembang kedepannya, demikian seperti dikutip dari rilis KBRI Singapura yang dimuat Liputan6.com, Selasa (21/5/2019).

Sebagai perusahaan teknologi yang telah membantu memajukan usaha kecil dan menengah Indonesia, Bukalapak melihat potensi ekspor mereka yang dapat bersaing di pasar global.

Hal ini didasari dengan melihat kontribusi yang cukup signifikan dari para pelaku usaha kecil dan menengah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di tahun 2018, yaitu sekitar 60% dan diperkirakan akan terus meningkat di sepanjang tahun 2019.

Hadir dalam peluncuran BukaGlobal yang pertama di Singapura, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara mengatakan, "Pemerintah Indonesia sangat mendukung inisiatif terbaru Bukalapak yang sejalan dengan program pemerintah untuk memberikan fasilitas percepatan dalam meningkatkan potensi ekspor pasar usaha kecil, seperti program vokasi, pembangunan infrastruktur internet yang menyeluruh, dan pelatihan bisnis dan kewirausahan yang terus dilakukan secara sinergis."

"Dengan kolaborasi antara e-commerce dan pelaku usaha tradisional, diharapkan tidak hanya akan memajukan industri usaha kecil dan menengah, tetapi juga dapat mendorong Indonesia untuk memimpin pertumbuhan ekonomi digital di Asia tenggara yang potensinya mencapai US$ 130 milyar tahun depan."

"Peranan pemerintah adalah sebagai fasilitator dan akselator pengembangan ekonomi digital," lanjutnya.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga menargetkan bahwa pada akhir tahun 2019 sebanyak 8 juta pelaku usaha kecil telah bertransformasi dan memanfaatkan aplikasi teknologi digital untuk mengembangkan usahanya."

"Hal ini juga dapat menjadi salah satu strategi dalam menghadapi pesatnya pertumbuhan konsumen kelas menengah di Asia Tenggara yang diperkirakan akan mencapai 350 juta orang di tahun 2020," demikian ditambahkan Menteri Rudiantara di Singapura.

Platform Bagi UKM Indonesia untuk Menjangkau Pasar Singapura

Peluncuran BukaGlobal di Singapura (kredit: KBRI Singapura)

Fajrin Rasyid, Co-Founder dan Presiden Bukalapak menjelaskan, "BukaGlobal dapat dimanfaatkan para pelaku usaha kecil untuk mendapatkan peluang merambah pasar global. Inovasi Ini adalah bentuk dari solusi yang dihadirkan Bukalapak untuk menjawab tantangan pelaku usaha kecil saat ini, terutama dalam mendapatkan akses pasar, dukungan logistik dan infrastruktur yang dapat diandalkan."

"Bukalapak tidak hanya ingin memberikan ketersediaan akses ke pasar (demand) dengan menghubungkan pelaku usaha kecil dengan konsumen di pasar luar negeri, tetapi juga turut membangun ekosistem logistik dengan menggandeng mitra terpercaya untuk memberikan layanan pengiriman yang cepat dan berkualitas."

"Keseluruhan inisiatif ini diharapkan akan berdampak pada kemajuan usaha kecil dan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang merupakan visi dari Bukalapak sejak didirikan 9 tahun lalu," tambah Fajrin dalam penjelasannya kepada masyarakat Singapura dan diaspora Indonesia di Singapura.

Fitur BukaGlobal sudah dapat dinikmati para konsumen yang tinggal di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan dan Brunei Darussalam, mulai dari tanggal 20 Mei 2019.

Fitur ini juga sangat mudah diaplikasikan dan dapat dipelajari di ulasan blog BukaGlobal. Saat ini BukaGlobal melayani pengiriman barang mulai dari 0,5 kg dengan tarif bervariasi dan estimasi waktu pengiriman selama 6 – 11 hari yang disesuaikan dengan pilihan destinasi tujuan konsumen.

Memperkuat Bilateral Indonesia - Singapura

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara (depan) bersama Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya (tengah) dalam peluncuran BukaGlobal di Singapura (kredit: KBRI Singapura)

Sebagai tuan rumah dalam peluncuran BukaGlobal, Ngurah Swajaya, Duta Besar Indonesia untuk Singapura mengatakan "kerja sama Indonesia dan Singapura juga mencakup ekonomi digital dan dalam bidang perdagangan, dimana Singapura merupakan mitra dagang terbesar ketiga Indonesia."

"Memanfaatkan pasar Singapura diharapkan tidak hanya memanfaatkan diaspora dan pasar domestik, tetapi juga pasar regional melalui Singapura, sehingga hal ini diharapkan dapat meningktkan ekspor Indonesia ke Singapura."

Sebagai catatan, total ekspor Indonesia ke Singapura tahun 2018 mencapai US$ 13.9 miliar dan US$ 9 miliar berupa produk non-migas. Dubes Ngurah Swajaya mengharapkan semakin banyak platform untuk ekspor akan semakin baik bagi Indonesia.

KBRI Singapura juga mengembangkan "Showcase" produk ekspor Indonesia di KBRI dan secara virtual yang diisi ribuan produsen/eksportir produk ekspor Indonesia.

Tahun 2018, KBRI juga memfasilitasi e-commerce platform Indonesia, Glexindo, yang didedikasikan khusus untuk memfasilitasi ekspor produk Indonesia ke luar negeri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Pastikan Layanan Android Masih Berfungsi di Smartphone Huawei

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alphabet Inc sebagai perusahaan induk Google memutuskan untuk menghentikan dukungan pada smartphone Huawei.

Keputusan ini diambil menyusul peraturan pemerintah Amerika Serikat yang memasukkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan.

Dengan kondisi itu, banyak pengguna smartphone Huawei yang khawatir dengan keberlangsungan Android di perangkatnya.

Menjawab kekhawatiran tersebut, Google memastikan bahwa pengguna smartphone Huawei hingga sekarang masih dapat memakai layanan Google.

"Kami jamin sambil mematuhi aturan dari pemerintah Amerika Serikat, layanan seperti Google Play dan keamanan Google Play Protect masih dapat berfungsi di perangkat Huawei yang ada saat ini," tulis perusahaan dikutip dari akun Twitter Android, Selasa (21/5/2019).

Tanggapan ini senada dengan pernyataan juru bicara Google pada Reuters beberapa waktu lalu. Dalam pernyataanya, Google menyebut pihaknya memastikan akan mematuhi peraturan pemerintah Amerika Serikat dan meninjau implikasinya.

Penangguhan Google ini diprediksi dapat membuat bisnis smartphone Huawei di luar Tiongkok pincang. Sebab, perusahaan tersebut dipastikan akan segera kehilangan akses pembaruan sistem operasi Android dari Google.

Smartphone Huawei di masa depan juga diprediksi tidak akan memperoleh akses ke sejumlah layanan populer Google, seperti Play Store, Gmail, dan YouTube.

Alasannya, aplikasi itu tidak dicakup dalam lisensi open source, melainkan perlu kerja sama komersial dengan Google.

Hanya Bisa Akses Versi Publik

Huawei (Foto: Huawei)

Di sisi lain, seorang sumber mengatakan, "Huawei hanya akan bisa menggunakan Android versi publik dan tidak akan bisa mendapatkan akses ke aplikasi dan layanan ekslusif dari Google."

Huawei akan terus memiliki akses ke sistem operasi Android yang tersedia melalui lisensi open source atau yang dikenal dengan Android Open Source Project (AOSP).

Versi ini tersedia secara gratis bagi siapapun yang ingin menggunakannya. Total, menurut Google, ada sekitar 2,5 miliar perangkat Android yang aktif di seluruh dunia.

Namun demikian, menurut sumber tersebut, Google akan menyetop akses, dukungan teknis, dan kolaborasi Google yang melibatkan aplikasi dan layanan ekslusifnya ke depan.

Sudah Siapkan Rencana Darurat

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Pihak Huawei sendiri menyebut, telah menghabiskan beberapa tahun terakhir untuk menyiapkan rencana darurat. Salah satunya adalah dengan mengembangkan teknologinya sendiri, seandainya diblokir dari penggunaan Android.

Beberapa teknologi ini telah digunakan dalam produk-produk mereka yang dijual di Tiongkok.

Dalam sebuah wawancara Maret lalu, Rotating Chairman Huawei Eric Xu mengatakan, Huawei mengantisipasi tindakan pembalasan oleh perusahaan AS.

"Apapun yang terjadi, Android Community tidak memiliki hak hukum untuk memblokir perusahaan manapun dari mengakses lisensi open source Android," tutur Xu.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Meninggal, Haruka Nakagawa Punya Alasan Tak Pulang ke Jepang

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Haruka Nakagawa eks JKT48 masih berduka pasca ditinggal sang kakak untuk selama-lamanya akibat serangan jantung. Namun meski begitu, dirinya ternyata punya alasan kenapa akhirnya tidak bisa ke Jepang. 

"Kemarin tanggal 4 Mei, meninggalnya sih mendadak. Kata dokter sakit jantung, jadi jantungnya sudah enggak bisa bergerak. Dokternya sudah usahain, cuma pagi masuk rumah sakit, jam 2.55 meninggal," ujar Haruka Nakagawa saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).

Haruka mengaku tak enak lantaran tak pulang ke Negeri Sakura. Sempat terlintas pula sedikit sesal lantara dirinya memutuskan tinggal di Indonesia, hingga tak bisa menemani sang kakak.

"Aku enggak sempat ke sana, jadi kayak enggak enak banget. Aku sempat mikir juga, coba kalau aku tinggal di Jepang, aku pasti bisa nemenin kakak. Tapi aku tuh tinggal di Indonesia, jadi enggak bisa langsung ke sana. Kadang aku mikir, aku tinggal sendiri di sini, kalau keluarga ada masalah di sana, aku pun enggak bisa langsung ke sana," ujar Haruka Nakagawa.

 

Tak Pulang

Haruka Nakagawa

Haruka sendiri sebenarnya sempat ingin terbang ke Jepang. Namun ia teringat kembali pada mendiang kakaknya yang selalu menyemangatinya berkarier di Indonesia. Hal itulah yang membuat Haruka tak pulang saat kakaknya meninggal.

"Sekarang gara-gara kakak meninggal, aku balik ke Jepang, dan ini mungkin rasaku kayak salah juga. Kakak enggak minta kayak gini. Selama ini kakak selalu nyemangatin aku terus dari sana. Jadi kalau sekarang aku pulang ke Jepang gara-gara kakak meninggal, pasti keluarga juga enggak mau," tuturnya.

 

Menangis

Haruka Nakagwa, salah satu member JKT48 asli Jepang. (Twitter - @HarukaN_JKT48)

"Kakak di depan aku enggak pernah nangis, enggak pernah marah, kayak kakak yang baik-baik saja. Mungkin ada rasa harus jadi kakak gitu, enggak boleh nangis di depan adik. Mungkin setiap hari dia ngerasa ditekan gitu. Sekarang dia bisa istirahat, bisa baik-baik saja. Aku pokoknya harus lebih bahagia, biar kakak juga lebih bahagia," pungkas Haruka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Selebritas yang Jalani Puasa Pertama Setelah Jadi Mualaf

Posted: 20 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puasa merupakan ibadah yang wajib dijalani oleh umat muslim. Sebagian orang mungkin telah terbiasa untuk melakukan puasa. Namun, hal ini akan berbeda bagi mereka yang baru memutuskan untuk menjadi mualaf.

Keputusan untuk menjadi mualaf tentulah bukan hal mudah. Perlu usaha untuk mempelajari islam sehingga dapat menjalankannya dengan baik. Berikut, ada tiga seleb yang baru menjalani ibadah puasa pertama kali setelah memutuskan menjadi mualaf:

 

1. Lidswell Kwok

Pasca-Asian Games 2018, atlet wushu Lindswell Kwok menjadi pembicaraan publik. Perubahan penampilan menjadi hal hangat yang dibahas kala itu. Ia mulai mengenakan hijab yang sebelumnya tidak digunakan saat bertanding. Diketahui ia juga memeluk agama Buddha sebelum memeluk Islam. Puasa kali ini pun menjadi puasa pertama bagi Lidswell Kwok setelah menikah dengan kekasihnya, Ahmad Hulaefi.

 

Roger Danuarta

Roger Danuarta (Deki Prayoga/Fimela.com)

2. Roger Danuarta

Keputusannya untuk menjadi mualaf pada akhir tahun 2018 membuat masyarakat heboh. Namun, keputusannya ini ternyata bukan karena ada paksaan. Ia sudah lama tertarik dan mempelajari agama Islam. Ramadan kali ini menjadi kali pertama berpuasa baginya mengingat tahun lalu bulan Ramadan telah berlalu saat ia memutuskan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat

Ujung Oppa

Ujung Oppa, seorang mualaf Korea, melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal (Instagram/Hwangwoojong).

3. Ujung Oppa

Ujung Oppa, seorang YouTuber asal Korea Selatan, juga membuat publik terkejut dengan keputusannya untuk menjadi [mualaf](https://www.liputan6.com/tag/selebriti-mualaf ""). Ketertarikannya pada Islam berasal dari teman-teman yang berada di sekitarnya. Sempat merasa tidak bahagia, ia tak lagi merasakannya setelah memeluk agama Islam. Kini ia pun menjalani ibadah puasa pertama kali sebagai seorang mualaf.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Minta PB Persani Fokus untuk Persiapan Olimpiade 2020

Posted: 20 May 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Imam Nahrawi menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Senam Seluruh Indonesia (PB Persani) Ita Yuliati di ruang kerjanya lantai 10, Kemenpora, Senin (20/5). Pertemuan ini terkait progres laporan kegiatan dan rencana PB Persani. 
 
Kepada Menpora, Ita menjelaskan perjuangan kami ke depan sangat berat terutama terkait peralatan senam. "Terus terang Pak Menpora perjuangan kami ke depan sangat berat apalagi untuk menghadapi Sea Games 2019 ini, terutama ketiadaan fasilitas latihan. Kami berharap untuk menuju Sea Games, kami bisa mendapat peralatan olahraga yang pernah dipakai Asian Games lalu," ujarnya. 
 
Terkait persiapan Olimpiade Tokyo 2020, Ita mengatakan bahwa Rifda Irfanalutfi menjadi satu-satunya pesenam Indonesia yang dipersiapkan Persani menuju Olimpiade 2020 Tokyo. Peraih medali perak Asian Games 2018 itu dianggap memenuhi syarat."Kami ingin mengirim Rifda ke Amerika Serikat (AS) untuk latihan demi lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo," tambahnya.
 
Menpora sangat mendukung apa yang akan dilakukan Persani. "Saya senang ini apalagi kalau sudah jelas siapa yang akan diberangkatkan untuk latihan keluar negeri. Seperti atletik Zohri jangan lagi latihan di Senayan tapi harus latihan di Amerika begitu juga Rifda. Mereka ini adalah atlet-atlet yang berpotensi mendulang emas yang harus kita fasilitas latihan ke luar negeri demi mengharumkan nama Indonesia,"ujarnya. 
 
Hadir dalam pertemuan itu Plh. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Ahli Menpora Bidang Politik Yuni Poerwanti dan Plt Asisten Deputi IV Organisasi Prestasi Kemenpora Ahmad Arsani. 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Catatan Unik Jelang Laga Bali United Vs Bhayangkara FC

Posted: 20 May 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Bali United akan menghadapi Bhayangkara FC pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Selasa(21/5/2019) malam WIB. Pasukan Stefano Cugurra Teco diprediksi bakal menghadapi laga yang sulit.

Bermain di depan pendukungnya tentu saja membuat Bali United mendapatkan tambahan motivasi. Apalagi Pasukan Tridatu sukses membuka musim ini dengan kemenangan 2-1 atas Persebaya Surabaya (16/5/2019).

Bali United diyakini masih akan mengandalkan duet Ilija Spasojevic dan Paulo Sergio di lini depan. Selain itu, ada nama Stefano Lilipaly yang siap diandalkan dalam membangun serangan tim tuan rumah.

Namun, Bali United tentu saja tetap harus mewaspadai Bhayangkara FC. Selain bertekad mengincar kemenangan perdana, The Guardian punya catatan apik kontra Bali United.

Klub asuhan Alfredo Vera itu belum terkalahkan dalam tujuh pertemuan terakhir melawan Bali United. Bhayangkara FC sukses meraih enam kemenangan dan satu laga berakhir imbang.

Berikut ini 5 fakta menarik jelang pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara Bali United Vs Bhayangkara FC versi Bola.com:

5 Fakta Menarik

Gelandang Bali United, Stefano Lilipaly, berusaha melewati dengan gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, pada final Piala Presiden di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Persija menang 3-0 atas Bali United. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)
  1. Bali United belum pernah menang melawan Bhayangkara FC di semua kompetisi. (enam kalah, 1 imbang).
  2. Gawang Bali United sudah kemasukan 20 kali. Adapun mereka hanya mampu menceploskan sembilan gol ke gawang Bhayangkara FC.
  3. Melvin Platje sudah mencetak dua gol ke gawang Bhayangkara FC.
  4. Stefano Cugurra Teco dikenal sebagai pelatih yang tangguh ketika mendampingi timnya dalam laga kandang. Musim lalu, tim asuhan Teco yakni Persija hanya kalah dua kali dalam laga kandang di Liga 1.
  5. Stefano Lilipaly belum pernah mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC sejak memperkuat Bali United pada 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Aksi 22 Mei, Akses Jalan di Depan KPU Ditutup

Posted: 20 May 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang aksi 22 Mei 2019, pengamanan di sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diperketat. Kawat-kawat berduri mengelilingi dan menutup akses ke KPU.

Akses ke KPU dari arah jalan Imam Bonjol, Menteng ditutup. Pantauan Liputan6.com, Selasa (21/5/2019), jalan sekitar KPU telah terparkir bus-bus pengangkut polisi, seperti yang terlihat di halaman Taman Menteng.

Sementara di area depan KPU, sebuah pengurai massa sudah bersiaga. Selain itu dua water canon dan satu baracuda juga telah terparkir di depan KPU.

Ratusan polisi nampak duduk-duduk di depan KPU. Banyaknya polisi rupanya menarik perhatian warga yang lewat.

Nampak pengendara sengaja berhenti hanya untuk mengambil foto polisi dan suasana KPU."Foto buat info saja ke teman-teman," kata Darat salah satu pengendara motor yang berhenti untuk selfie di depan kawat berduri.

Drajat mengaku tidak akan mengikuti aksi 22 Mei. Dia hanya berharap aksi berlangsung damai.

"Ya damai saja lah, saya tiap hari lewat sini kan, kalau nggak damai susah nanti saya," tandas Drajad.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pengumuman Hasil Rekapitulasi, Gedung KPU Dijaga Ketat Polisi

Posted: 20 May 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pascapengumuman hasil rekapitulasi nasional Pemilu Serentak 2019, pasukan gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta pada Selasa (21/5/2019) pagi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, para anggota TNI dan Polri mulai berdatangan ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Sejumlah bus yang membawa para petugas juga terparkir di sekitar gedung KPU.

Di depan Kantor KPU, ribuan pasukan melakukan apel siaga dipimpin oleh seorang perwira polisi, Kombes Edison. Sejumlah anjing pelacak juga disiapkan.

Sementara polisi memutuskan menutup Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Pagar berduri terlihat dibentangkan menutup jalan tersebut.

Alhasil, pengendara dan pejalan kaki dialihkan menuju Jalan HR Rasuna Said dan Menteng. Mereka dilarang melewati jalanan di depan KPU.

Sebelumnya, KPU mengumumkan hasil rekapitulasi Pemilu 2019 pada Selasa (21/5/2019) dini hari. Hasilnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf menang dengan perolehan suara 55,50 persen atau 85.607.362 suara. Sementara pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh suara 44,50 persen atau 68.650.239 suara.

 

Reporter: Hari Aryanti

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Rekapitulasi Final Jokowi-Ma'ruf, TKN: Ini Kemenangan Rakyat

Posted: 20 May 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengucapkan syukur akan kemenangan tersebut.

"Kami mensyukuri kemenangan ini. Inilah kemenangan rakyat. Namun kami ingin tegaskan, bahwa pemilu hanyalah alat mencari pemimpin," ucap Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto, Selasa (21/5/2019).

Dia menuturkan, baik Jokowi maupun Ma'ruf Amin adalah presiden dan wakil presiden untuk semua dan pemimpin seluruh rakyat Indonesia.

"Pemimpin yang melekat dengan tanggung jawab bagi kemajuan seluruh negeri, seluruh warga Indonesia tanpa membeda-bedakan warga negara atas dasar pilihan politiknya, suku, agama, jenis kelamin, status sosial, karena semua warga negara adalah sama," jelas Hasto.

Sekretaris Jenderal PDIP ini juga menuturkan, dengan menjadi presiden bagi seluruh rakyat Indonesia, partainya meyakini kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf akan menempatkan konsolidasi politik nasional dengan semangat rekonsiliasi, merangkul seluruh komponen bangsa.

"Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf akan menempatkan konsolidasi politik nasional dengan semangat rekonsiliasi, merangkul seluruh komponen bangsa, sesuai semangat Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda, yang menjadi penopang utama dalam proses menuju kemerdekaan Indonesia," kata Hasto.

Karena itu, dia mengingatkan, Pemilu 2019 telah menunjukkan capaian peradaban demokrasi Indonesia sehingga pemilu berjalan demokratis dengan partisipasi rakyat yang begitu tinggi, lebih dari 80 persen.

"Di sinilah rakyat memberikan suaranya bagi kemajuan Indonesia Raya. Masyarakat yang lebih makmur dan lebih berkeadilan inilah yang dititipkan rakyat pada tanggal 17 April 2019 yang lalu. Selamat untuk seluruh rakyat Indonesia yang telah hadir sebagai benteng demokrasi Pancasila," pungkasnya.

Leburkan Perbedaan

Dua pasang capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin Usai pengundian nomor urut peserta Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9).  (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding mengaku bersyukur dengan hasil pemilu yang ditetapkan KPU. Menurut dia, hasil ini menunjukkan masyarakat merasa lebih baik jika dipimpin oleh Jokowi-Ma'ruf.

"Selisih ini cukup besar, menunjukkan mayoritas rakyat meyakini bahwa Indonesia akan lebih baik dipimpin Pak Jokowi," kata Karding saat dihubungi merdeka.com, Selasa (21/5/2019).

Karding mengatakan, perjalananan memenangkan Jokowi-Ma'ruf bukan hal yang mudah. Sebab, banyak sekali terpaan fitnah dan pemberitaan hoaks yang menimpa Jokowi.

Namun, lanjut Karding yang terpenting saat ini sudah bukan lagi hasil Pilpres 2019. Tetapi bagaimana cara menyatukan kembali Indonesia dari berbagai macam perbedaan pasca pilpres. Serta fokus mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf lima tahun ke depan.

"Mari kita memberi dukungan kepada beliau demi masa depan bangsa perbedaaan yang ada mari kita leburkan di bawah persatuan Indonesia," ucapnya.

 

Hasil Final

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jokowi-Ma'ruf menjadi pemenang Pilpres 2019 mengungguli rivalnya yakni pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Pasangan nomor urut satu Joko Widodo dan Ma'ruf Amin meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sedangkan pasangan nomor urut dua, 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

Pasangan calon nomor urut 01 unggul di 21 provinsi dan pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi. Data resmi itu telah disahkan, tertanggal Senin 20 Mei 2019, sekitar pukul 24.00 WIB.

21 Provinsi dimenangkan oleh paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf adalah Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, Gorontalo, dan Papua.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung, dan Sulawesi Utara.

Sedangkan 13 provinsi sisanya, dimenangkan oleh paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga. Yaitu Bengkulu, Kalsel, Malut, Jambi, Sumsel, Sulteng, Sumbar, Banten, NTB, Aceh, Jabar, Sulsel, dan Riau.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Momen Mudik Lebaran, Sriwijaya Air Buka 3 Rute Baru

Posted: 20 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sriwijaya Air, maskapai penerbangan nasional yang merupakan bagian dari Garuda Indonesia Group siap menyambut datangnya momen mudik Lebaran Idul Fitri 1440 H dengan menyiapkan tiga rute penerbangan baru sekaligus.

Pada kesempatan pertama, pada 23 Mei 2019 Sriwijaya Air akan resmi memulai penerbangan perdana untuk rute Makassar – Tobello PP. Dan pada 27 Mei 2019, gantian rute penerbangan Medan – Surabaya PP. Sementara itu rute baru lainnya adalah Manado - Jakarta PP akan resmi beroperasi mulai 30 Mei 2019.

Retri Maya selaku VP Corporate Secretary Sriwijaya Air menyambut baik pembukaan tiga rute terbaru serta percaya hal ini akan makin meningkatkan konektivitas udara maskapai Sriwijaya Air.

"Sriwijaya Air hingga saat ini selalu berupaya meningkatkan konektivitas udaranya, salah satu wujudnya adalah dengan pembukaan tiga rute baru ini. Kami optimis pembukaan rute baru ini akan semakin memberikan kemudahan dan pilihan penerbangan kepada masyarakat," katanya kepada wartawan, Selasa (21/5/2019).

Di samping itu, pembukaan tiga rute baru ini juga menjadi jawaban atas permintaan penerbangan langsung dari masyarakat di tiap kota yang akan diterbangi oleh Sriwijaya Air tersebut.

Dengan demikian, layanan ini akan memberikan opsi penerbangan yang lebih efisien dari sisi waktu serta memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan Sriwijaya Air.

"Paling penting lagi, dibukanya ketiga penerbangan ini tentu akan memberikan pilihan terbaik kepada para pelanggan Sriwijaya Air karena waktu tempuhnya lebih cepat," tambah Maya.

 

Jadwal

Rencananya, 188 turis Malaysia akan didaratkan di Bandara International Hanandjoedin, Belitung dengan maskapai Sriwijaya Air.

Adapun jadwal penerbangan untuk rute baru Makassar – Tobelo PP akan dilayani pada pukul 03.30 WITA Makasaar dan akan tiba di Tobello pukul 06.35 WIT. Dan untuk penerbangan Tobelo – Makassar dilayani pukul 07.40 WIT, tiba di Makassar pukul 08.45 WITA. Rute penerbangan ini dilayani 3 kali dalam seminggu.

Sementara itu, untuk rute Medan – Surabaya akan dilayani satu kali setiap hari dengan jadwal keberangkatan dari Medan pukul 06.15 WIB, tiba di Surabaya pukul 09.25 WIB. Rute penerbangan dari Medan ke Surabaya ini terkoneksi dengan penerbangan lanjutan ke Denpasar. Dan untuk rute Surabaya – Medan dilayani pukul 14.15 WIB tiba kembali di Medan pukul 17.45.

Dan terakhir, jadwal penerbangan rute baru Manado – Jakarta PP dilayani setiap hari pada pukul 19.00 WITA dan akan tiba di Jakarta pukul 21.20 WIB. Dan rute Jakarta – Manado akan dilayani pukul 00.50 WIB sampai di Manado pada pukul 05.10 WITA. Rute ini akan dilayani satu kali setiap hari.

Harga Tiket Pesawat Turun, Kemenhub Apresiasi Maskapai

Pesawat milik sejumlah maskapai terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Polana B. Pramesti mengapresiasi maskapai nasional yang telah memperhatikan aspirasi masyarakat.

Selain itu juga menjalankan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 106 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri mulai pukul 00.00 WIB hari ini. 

Sebagai regulator penerbangan nasional, Polana menyatakan akan selalu memantau dan evaluasi secara berkala setiap tiga bulan atau dilakukan sewaktu-waktu jika terjadi perubahan yang mempengaruhi operasional penerbangan secara signifikan. 

Pemantauan dan evaluasi tersebut dilakukan sehingga keseimbangan antara aspirasi masyarakat dan kelangsungan hidup maskapai akan selalu terpenuhi.

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada maskapai penerbangan yang telah patuh melaksanakan keputusan dalam KM 106 tahun 2019 tersebut. Kami akan selalu memantau dan melakukan evaluasi sehingga aspek keadilan yang menjadi dasar dari aturan tersebut akan terlaksana dengan baik," ujar dia kepada wartawan, Sabtu (18/5/2019).

Di sisi lain, Polana  meminta masyarakat untuk mempelajari aturan baru tersebut sehingga memahaminya dan tidak timbul hal-hal negatif.

"Masyarakat harus memahami bahwa tarif bukan harga tiket. Untuk menjadi harga tiket, tarif akan ditambah dengan komponen lain seperti asuransi wajib Jasa Rahardja, Pajak Pertambahan Nilai (ppn), tarif kebandarudaraan (PSC). Mari kita pelajari aturan tersebut dengan baik sehingga tidak timbul kesalahpahaman," ujarnya.

Polana juga mengajak masyarakat untuk mengawasi dan melaporkannya kepada Ditjen Perhubungan Udara jika terjadi penyimpangan di lapangan sehingga bisa cepat diperbaiki.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1 Persebaya Vs Kalteng Putra: Djanur Bertekad tak Kecewakan Bonek

Posted: 20 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akan menjamu Kalteng Putra dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019, Selasa (21/5/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo. Usai kalah di laga pertama, Persebaya bertekad menang di laga melawan Kalteng Putra.

"Kami pemain semua sudah sangat siap untuk melawan Kalteng Putra. Apalagi ini adalah laga kandang pertama kami di kompetisi tahun 2019," kata Pelatih Persebaya, Djadjang Nurjaman (Djanur) seperti dilansir situs resmi Shopee Liga 1.

"Jadi, kami tentu ingin memberikan yang terbaik untuk suporter," kata Djanur menambahkan.

Persebaya berambisi meraih kemenangan pada laga kedua melawan Kalteng Putra. Pasalnya, mereka kalah 1-2 dari Bali United pada laga pembuka.

Bajul Ijo -julukan Persebaya- punya catatan bagus di lima laga kandang terakhir mereka. Hansamu Yama dkk. menyapu bersih lima laga itu dengan kemenangan.

Kemenangan atas Kalteng Putra dibutuhkan Bajul Ijo demi tetap di persaingan meraih gelar juara. Saat ini, Persebaya duduk di peringkat ke-13 klasemen Shopee Liga 1.

 

 

Punya Tekad Menang

Shopee Liga 1 Persebaya Surabaya Vs Kalteng Putra (Bola.com/Adreanus Titus)

Djanur mengatakan, Persebaya selalu bertekad untuk menang saat tampil di Gelora Bung Tomo. Mantan pelatih Persib Bandung itu pun yakin, para pemain Persebaya sudah paham dengan hal tersebut.

"Kita sejak jauh hari punya tekad untuk selalu menang di kandang sendiri dan saya pikir itu sudah sangat disadari juga oleh pemain. Kita harus punya tekad dan kemauan untuk selalu menang dan semoga bisa," ucap Djanur mengakhiri.

Jadwal Liga 1 Selasa (21/5/2019)

20:30 WIB, Bali United vs Bhayangkara (O Channel)

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar

20:30 WIB, Persebaya Surabaya vs Kalteng Putra (Indosiar)

Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Ariyo Wahab Untuk Pengumuman Hasil Pemilu KPU

Posted: 20 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ariyo Wahab sedang terjebak dalam dua perasaan, yakni deg-degan dan bahagia. Deg-degan lantaran film terbarunya, Down Swan dirilis pada 23 Mei 2019.

Seperti diketahui, sebelum filmnya beredar di jaringan bioskop, KPU mengumumkan hasil penghitungan suara pemilu.

Imbas pengumuman KPU tersebut, kabarnya akan ada demo atau pengerahan people power. Kabar ini membuat masyarakat was-was akankah kondisi sosial politik Indonesia tetap kondusif? 

Dikonfirmasi soal ini, Ariyo Wahab tetap optimistis. "Enggak apa-apa (ada isu demo dan lain-lain). Kita berdoa saja semoga penguman hasil pemilu oleh KPU berlangsung damai," respons Ariyo Wahab kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019) kemarin.

 

Keluarga yang Baik

Ariyo Wahab (Bayu Herdianto/Kapanlagi.com)

Ariyo Wahab menambahkan, "Sebuah negara yang baik, bagus, dan benar berasal dari keluarga yang baik. Keluarga adalah fondasi. Saya ingatkan anak-anak agar berhati-hati saat keluar rumah (usai pengumuman KPU)," katanya. 

Kondisi usai pengumuman hasil Pemilu oleh KPU memang tidak dapat diprediksi. Apalagi, pekan lalu beredar kabar penangkapan teroris yang berencana meledakkan bom pada 22 Mei. 

Ariyo Wahab tak mau menakuti anak-anaknya. Ia hanya mengingatkan diri sendiri dan anggota keluarganya agar selalu waspada.

Hadapi Aladdin

Ariyo Wahab (Nurwahyunan/bintang.com)

Hal lain yang harus dihadapi Ariyo Wahab, film tebarunya, Down Swan akan berhadapan dengan raksasa dari Walt Disney, Aladdin

"Film saya akan berhadapan dengan jin, ha ha ha! Kalau deg-degan dirilis di bulan Ramadan saya memang deg-degan. Tapi lebih deg-degan lagi jika film ini tak kunjung dirilis. Saya pikir dirilis di tahun politik memang sudah jalannya," sambung Ariyo Wahab.

Ayah 3 anak ini optimistis filmnya disambut. "Tanggal 23 banyak orang tua punya waktu senggang atau libur, boleh saja mengajak anak menonton film bertema keluarga. Yang jelas saya bahagia film ini akhirnya dirilis di bioskop." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Umumkan Status Pejabat KKP dan Petinggi PT DRU Hari Ini

Posted: 20 May 2019 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mengumumkan status pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta petinggi PT Daya Radar Utama (DRU) siang ini, Selasa (21/5/2019).

"Setelah beberapa kegiatan penanganan perkara awal seperti penggeledahan dilakukan, siang ini direncanakan akan diumumkan hasil penyelidikan dugaan korupsi terkait pengadaan kapal," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, tim penyidik menggeledah kediaman pejabat KKP dan petinggi PT DRU. Penggeledahan terkait kasus pengadaan kapal. Menurut Febri, dalam kasus ini diduga merugikan negara hingga ratusan miliar rupiah.

"Diduga telah terjadi kerugian negara yang cukup signifikan, yaitu lebih Rp 100 miliar," kata Febri.

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tiga lokasi terkait kasus pengadaan kapal. Tiga lokasi tersebut yakni di Meteng, Jakarta Pusat, Grogol, Jakarta Barta, dan Bekasi, Jawa Barat.

"Untuk kasus pengadaan kapal hari ini ada tiga lokasi yang kami geledah. Meskipun saya belum bisa sampaikan kasus pokoknya apa, karena segera nanti setelah tim selesaikan kami umumkan pada publik," ujar Febri, kemarin.

Saat itu Febri belum mau membeberkan detail kasus yang menyebabkan penggeledahan di tiga lokasi itu berlangsung. Namun Febri memastikan, tiga lokasi tersebut yakni kediaman dari direksi PT Daya Radar Utama (PT. DRU) dan pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Febri mengatakan, dalam penggeledahan tim penyidik KPK menyita dokumen penganggaran dam pengadaan kapal, serta barang bukti elektronik. Menurut Febri, barang bukti tersebut akan dipelajari lebih jauh oleh tim penyidik.

Febri meminta kepada masyarakat untuk bersabar menunggu pengumuman resmi dari KPK terkait nama tersangka dan kasus apa sehingga penggeledahan dilakukan pihak lembaga antirasuah. Yang jelas, kata Febri, jika penggeledahan dilakukan, secara otomatis kasus tersebut sudah ditingkat penyidikan.

"Kalau kasusnya sudah di penyidikan itu berarti sekaligus di sana sudah ada tersangka," kata Febri.

Namun begitu, Febri mengatakan jika dalam kasus pengadaan kapal ini negara merugi hingga ratusan miliar rupiah.

"Dari identifikasi yang sudah dilakukan ini lebih dari Rp 100 miliar dugaan kerugian keuangan negaranya, sehingga kami harus sangat cermat dan mengumpulkan bukti sebanyak mungkin dan sekuat mungkin," kata Febri.

 

Penggeledahan Kantor DRU

Gedung KPK di jalan Kuningan Persada Kavling K4, Jakart Selatan. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Sebelumnya, Kamis 16 Mei 2019, tim penyidik menggeledah kantor PT DRU. Satu hari setelahnya, Jumat 17 Mei 2019 tim penyidik menggeledah salah satu ruangan di Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tim penyidik tengah menelisik dugaan korupsi pengadaan 16 kapal cepat patroli Bea dan Cukai. Proyek pengadaan itu ditaksir menelan dana Rp 1,7 triliun. Dugaan kerugian keuangan negara sekitar Rp 100 miliar lebih.

Dalam kasus korupsi pengadaan kapal cepat patr‎oli tahun 2013 - 2015 ini, KPK dikabarkan menetapkan tiga orang tersangka. Dua orang tersangka berasal dari Bea dan Cukai, yang salah satunya merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan proyek tersebut.

Sementara seorang lagi merupakan petinggi PT Daya Radar Utama. PT Daya Radar Utama merupakan perusahaan galangan kapal yang membangun dan memperbaiki berbagai macam kapal dari bahan baja, aluminium alloy dan fiberglass reinforced plastic.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Bhayangkara FC: Misi Tuan Rumah Akhiri Catatan Buruk

Posted: 20 May 2019 08:35 PM PDT

Jakarta Bali United akan menjamu Bhayangkara FC pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (21/5/2019) malam WIB. Laga ini menjadi momentum Pasukan Tridatu untuk menyudahi catatan negatif melawan The Guardian.

Bali United membuka Shopee Liga 1 2019 dengan kemenangan 2-1 atas Persebaya Surabaya. Kemenangan itu menjadi modal dalam mengawali musim ini.

Namun, Bali United harus langsung fokus pada laga melawan Bhayangkara FC. Statistik mencatat, klub asal Pulau Dewata itu belum pernah menang melawan Bhayangkara FC. 

"Kami punya waktu cukup buat persiapan tim setelah menang melawan Persebaya. Kami langsung mengadakan latihan dan persiapan melawan Bhayangkara FC," ucap Teco dalam konferensi pers jelang pertandingan, Senin (20/5/2019).

"Mudah-mudahan, kami bisa bekerja keras, bermain bagus, dan mendapatkan hasil berupa kemenangan," tegas pelatih asal Brasil itu.

Sementara itu, Bhayangkara FC bertekad menyegel poin penuh pertama pada Shopee Liga 1 2019. Seperti diketahui, pada pertandingan pekan pertama Andri Kahfi dkk harus puas bermain imbang 1-1 melawan Borneo FC.

Pelatih Alfredo Vera menyebut, timnya sudah siap mengantisipasi permainan yang akan dilakoni Bali United. Pria asal Argentina itu juga berharap pemainnya bisa bermain seperti biasa dan tidak tertekan dengan tekanan suporter tuan rumah.

"Yang pasti untuk pertandingan melawan Bali United, kami sudah mengantisipasi permainan mereka. Saya juga berharap pemain bisa bermain seperti biasa," ujar Alfredo Vera.

"Persiapan kami sudah baik. Saya pikir semua pemain juga sudah siap untuk pertandingan melawan Bali United," imbuh Alfredo Vera.

Pertandingan ini menjadi pertemuan kesembilan buat kedua tim. Sejauh ini Bhayangkara FC mendominasi dengan catatan enam kemenangan dan sekali imbang atas Bali United.

Data-Fakta

Gelandang Bali United, Paulo Sergio, mengirim umpan saat melawan Bhayangkara FC pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

 

Head to head

  • 14/3/2019 - Bhayangkara FC 4-1 Bali United (Piala Presiden 2019)
  • 8/12/2018 - Bhayangkara FC 2-0 Bali United (Liga 1 2018)
  • 21/7/2018 - Bali United 2-3 Bhayangkara FC (Liga 1 2018)
  • 29/9/2017 - Bhayangkara FC 3-2 Bali United (Liga 1 2017)
  • 9/6/2017 - Bali United 1-3 Bhayangkara FC (Liga 1 2017)

Lima pertandingan terakhir Bali United

  • 16/5/2019 - Bali United 2-1 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 4/5/2019 - Persija Jakarta 1-0 Bali United (Piala Indonesia 2018)
  • 26/4/2019 - Bali United 2-1 Persija Jakarta (Piala Indonesia 2018)
  • 14/3/2019 - Bhayangkara FC 4-1 Bali United (Piala Presiden 2019)
  • 11/3/2019 - Semen Padang 1-2 Bali United (Piala Presiden 2019)

Lima pertandingan terakhir Bhayangkara FC

  • 16/5/2019 - Borneo FC 1-1 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 3/5/2019 - PSM Makassar 2-0 Bhayangkara FC (Piala Indonesia 2018)
  • 27/4/2019 - Bhayangkara FC 4-2 PSM Makassar (Piala Indonesia 2018)
  • 30/3/2019 - Bhayangkara FC 0-4 Arema FC (Piala Presiden 2019)
  • 14/3/2019 - Bhayangkara FC 4-1 Bali United (Piala Presiden 2019)

Prediksi Bola.com:

Bali United 50-50 Bhayangkara FC

Prediksi Starter

Prakiraan susunan pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper), I Made Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin (belakang), Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (tengah), Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Setho (kiper); Anderson Salles, Putu Gede Juni Antara, Indra Kahfi, Muhammad Fatchu Rochman (belakang); Dendy Sulistyawan, Flavio Beck Junior, Muhammad Hargianto, Reksa Maulana (tengah); Alsan Sanda, Ilham Udin Armaiyn (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera (Argentina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Pilpres, Jokowi Dapat Pesan dari Megawati

Posted: 20 May 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pilpres 2019.

Sekertaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya yang menjadi bagian tim kampanye, selalu percaya dengan hasil ini adalah karena kuasa Tuhan.

"PDI Perjuangan yang selama ini menjadi bagian dari Tim Kampanye Nasional 01 percaya, bahwa pilihan rakyat tersebut terjadi karena rahmat Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa dan negara Indonesia sehingga pemilu dapat berjalan dengan baik, aman, demokratis dan damai," ucap Hasto dalam keterangannya, Selasa (21/5/2019).

Dia pun menyampaikan ucapan khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, atas kemenangan yang diraih oleh paslon nomor urut 01 itu.

"Ibu Megawati Soekarnoputri secara khusus memberikan selamat kepada Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Kepada Pak Jokowi, beliau secara khusus berharap agar pada periode kedua ini, tidak hanya perhatian yang begitu besar bagi pembangunan manusia Indonesia yang menjadi skala prioritas utama," jelas Hasto.

Megawati juga berpesan, agar kekuasaan harus sepenuhnya diabdikan bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

"Sebab periode kedua bagi Pak Jokowi ini memberikan basis legitimasi kekuasaan yang lebih besar. Dengan dukungan lebih dari 60% di DPR RI, maka pemerintahan tidak hanya lebih solid, kuat, dan efektif," ungkap Hasto.

Dia menegaskan, dengan kuatnya dukungan rakyat dan parlemen, maka gagasan mewujudkan Indonesia yang lebih berdaulat, berdikari, dan berkepribadian dalam kebudayaan akan dapat dicapai melalui perjuangan bersama.

"Syaratnya semua bersatu dan mengelola kekuasaan negara dengan cara gotong royong," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiket Pesawat Mahal, Tol Cikampek Bakal Dipadati 150 Ribu Kendaraan Saat Mudik

Posted: 20 May 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Persero (Tbk) memperkirakan, Tol Jakarta-Cikampek (Japek) akan dipadati sekitar 150 ribu unit kendaraan roda empat pada masa puncak arus mudik Lebaran 2019.

Jumlah tersebut meningkat dibanding volume kepadatan pada puncak arus mudik tahun lalu, yang disesaki oleh sekitar 130 ribu unit kendaraan.

"Sekarang potensinya di sini menurut perkiraan kita 150 ribu pada saat puncaknya," ujar General Manager Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman, seperti dikutip Selasa (21/5/2019).

Raddy menjabarkan, peningkatan jumlah kendaraan di jalan tol tersebut turut disebabkan oleh mahalnya harga tiket pesawat saat ini, sehingga banyak pemudik yang beralih menggunakan jalur darat.

"Sudah gitu kita tahu ada masalah tarif di pesawat, sehingga potensi orang pindah moda ke sini itu tinggi. Jadi dengan terkoneksinya tol, orang pindah moda dari udara ke darat, itu menjadikan tinggi," tutur dia.

 

Antisipasi

Sejumlah kendaraan antre di gerbang tol Palimanan Cipali, Jawa Barat, Kamis (29/6). Memasuki H+4 Lebaran, arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta masih terpantau padat dan puncak arus balik diprediksi terjadi H+5 dan H+6. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengantisipasi kepadatan lalu lintas di tol, ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 10 mobile reader tambahan, sehingga jumlahnya bertambah dari 46 unit menjadi 56 unit.

"Nanti di gerbang baru kita siapkan 16 mobile reader. Untuk antisipasi one way, masing-masing arah kita siapkan 6 (gerbang tol) reversible. Jadi maksimal per arah bisa 21 gardu," paparnya.

 

Relokasi

Antrean panjang kendaraan masih terjadi di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (12/7/2016) siang. (Liputan6.com/Fernando Purba)

Seperti diketahui, Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut) saat ini tengah direlokasi untuk dipindahkan ke dua pintu tol baru, yakni GT Cikampek Utama Km 70 dan GT Kalihurip Utama Km 67.

GT Cikampek Utama sebagai pengganti GT Cikarut rencananya mulai siap digunakan pada 23 Mei mendatang.. Begitu juga dengan pembongkaran GT Cikarang Utama, yang ditargetkan rampung sebelum puncak arus mudik.

"Tanggal 23 Mei (GT Cikarang Utama) mulai dibongkar. Puncak mudik, pembongkaran (GT Cikarut) sudah selesai. Sebelum 29 Mei itu sudah selesai," pungkas Raddy.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Vs Kalteng Putra: Pahabol Janji Tak Selebrasi di Hadapan Bonek

Posted: 20 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Striker Kalteng Putra, Ferinando Pahabol mengaku tak akan berselebrasi jika bisa membobol mantan klubnya, Persebaya Surabaya. Kalteng Putra akan bertamu ke Gelora Bung Tomo untuk meladeni Persebaya pada lanjutan Shopee Liga 1 2019, Selasa (21/5/2019) hari ini.

"Kalau dari saya, kalau besok mendapat kesempatan untuk mencetak gol, untuk selebrasi sepertinya tidak. Karena Persebaya adalah bagian dari saya pada tahun kemarin," ucap Feri Pahabol seperti dilansir situs resmi Liga 1.

Kalteng Putra berambisi melanjutkan catatan positif mereka pada laga perdana Shopee Liga 1 2019. Di laga pertama, tim yang baru promosi ini menaklukkan PSIS Semarang 2-1.

Namun Kalteng Putra tampaknya harus bekerja keras. Selain bermain di hadapan suporter lawan, Kalteng juga akan menghadapi Persebaya yang berambisi meraih poin penuh.

Tim berjuluk Bajul Ijo itu ingin menang setelah kalah 1-2 dari Bali United pada laga perdana. Apalagi, mereka juga akan bermain di depan puluhan ribu Bonek -sebutan suporter Persebaya.

Di klasemen Shopee Liga 1, Kalteng Putra sementara berada di atas Persebaya. Kalteng ada di peringkat keenam, sementara Persebaya ke-13.

 

Kerja Keras

Shopee Liga 1 Persebaya Surabaya Vs Kalteng Putra (Bola.com/Adreanus Titus)

Pahabol sendiri mengaku senang bisa kembali ke Gelora Bung Tomo. Ia memastikan bakal tampil maksimal bagi Kalteng Putra.

"Untuk bisa kembali lagi ke sini tentu saya merasa senang. Tapi, saya datang sebagai lawan ke sini. Kami akan selalu kerja keras dan optimis menang lawan siapa pun itu," kata Pahabol.

 

Puji Persebaya

Lebih lanjut, Pahabol juga memuji mantan timnya tersebut. Ia menilai, Persebaya punya kekuatan luar biasa di musim ini.

"Musim ini Persebaya luar biasa, tapi kita juga tidak mau kalah dari Persebaya dan kita sudah siap untuk pertandingan besok," ujarnya mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Bocorkan Rencana Lamaran Julie Estelle

Posted: 20 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar kisah cintanya, kini Julie Estelle datang dengan berita mengejutkan. Adik Cathy Sharon tersebut diberitakan akan segera menggelar acara lamaran.

Kabar ini diketahui dari pernyataan sahabat dekat Julie Estelle yang tergabung dalam geng tempe, Maia Estianty. Istri Irwan Mussry tersebut mengatakan bahwa Julie Estelle akan lamaran di Surabaya.

"Lamarannya di Surabaya. Di mana? Ya ampun Ledug Ledug di Ledug, Julie mau lamaran MasyaaAllah," ungkap Maia Estianty di Instagram Stories-nya, Senin (20/5/2019).

Kebetulan, Cathy Sharon juga hadir dalam acara buka puasa bersama geng tempe tersebut. Ibu dua anak itu pun seolah membenarkan pernyataan Maia Estianty terkait rencana pertunangan adiknya.

 

Reaksi Julie Estelle

Instagram Stories Maia Estianty

"Soon ya, tunggu tanggal mainnya ya," Kata Cathy Sharon di akun Instagram Stories salah satu anggota geng tempe, Papah Edwan.

Entah rencana pertunangan ini hanya candaan geng tempe semata, ataukah hal yang memang serius. Julie Estelle pun merespons pernyataan teman-temannya itu dengan santai.

"Gila ini, gila semuanya," ucapnya sembari tersenyum.

 

Gading Marten Bergabung

Beberapa yang tergabung dalam geng tersebut, Maia Estianty, Rossa, Afgan Syahreza, Aming, Julie Estelle, Gading Marten, Shanty Parades, Teuku Zacky dan masih banyak lagi. (Instagram/maiaestiantyreal)

Sementara dalam Instagram Stories Maia Estianty juga terlihat Gading Marten yang baru datang bergabung dalam acara tersebut. Maia Estianty pun langsung menggoda mantan suami Gisella Anastasia itu.

"Papa Gading, waduh yang lagi happy, selamat ya papa Gading. Ini yang lagi digosipin," ucap ibu tiga anak tersebut.

Entah ucapan selamat apa yang dimaksud oleh Maia Estianty. Apakah masih ada hubungannya dengan kabar pertunangan Julie Estelle, atau menggoda Gading Marten dengan hal yang lain.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Merata, Pengemudi Ojek Online Daerah Minta Kenaikan Tarif

Posted: 20 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub), baru saja memberlakukan tarif baru untuk ojek online sejak 1 Mei 2019. Pemberlakuan tarif baru ini pun disambut positif oleh pengemudi ojek online di Jakarta.

Menyusul pemberlakuan tarif baru yang berlaku di Jakarta, pengemudi ojek online di daerah lain juga mengharapkan hal yang sama.

"Di Semarang ini belum ada perubahan tarif, kalau bisa ya tarifnya harus naik dengan diikuti pendapatan yang naik juga," ungkap Sugianto, salah seorang pengemudi ojek online yang beroperasi di Semarang.

Lebih lanjut kata Sugianto, dengan adanya kenaikan tarif diharapkan akan diikuti juga dengan meningkatnya pendapatan para pengemudi.

Selain itu Sugianto juga berharap promo yang kerap dilakukan oleh pemilik aplikasi tetap dilakukan, mengingat pendapatan pengemudi dapat meningkat signifikan dengan adanya promo.  

Sebelumnya, terkait tarif baru ini, Darmaningtyas, Pengamat Transportasi yang juga Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Indonesia (MTI) menilai tarif ojek online ini seharusnya jangan terlalu murah.

"Kalau tarif terlalu murah yang senang hanya penumpang. Tetapi jika terlalu mahal penumpang tidak senang serta hanya pengemudi dan pemilik aplikasi yang diutungkan," jelasnya.

Sementara itu, Igun Wicaksono, Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, menganggap melalui pemberlakuan tarif tersebut pemerintah sudah memperhatikan kepentingan para pengemudi ojek online meskipun tarif tersebut masih belum sesuai dengan harapan.

"Setidaknya pemerintah sudah memperhatikan nasib ojek online. Setelah evaluasi selama tiga bulan kami harapkan ada peningkatan lagi secara bertahap," ungkapnya.

 

Sudah Ideal, Pengamat Nilai Tarif Ojek Online Jangan Sampai Turun Lagi

Pedagang kaki lima (PKL) dan ojek online memadati kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Kamis (6/12). Kurangnya pengawasan petugas menyebabkan trotoar dan bahu jalan dipenuhi oleh PKL dan ojek online. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tarif baru yang ditetapkan oleh Kepmenhub ini, dinilai oleh Pengamat Transportasi yang juga Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Indonesia (MTI) Darmaningtyas, sudah ideal.

"Tarif yang diberlakukan sekarang sudah tengah-tengah, melindungi pengemudi dan juga melindungi penumpang," jelasnya.

Menurutnya jika tarif terlalu murah, yang senang hanya penumpang. Tetapi jika terlalu mahal penumpang tidak senang serta hanya pengemudi dan pemilik aplikasi yang diutungkan.

Lebih lanjut dikatakan Darma, tarif yang diberlakukan oleh Kemenhub saat ini terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan tarif ojol ketika pertama kali layanan ini muncul.

"Saat pertama kali layanan ini ada kan tarifnya Rp4.000/km, kemudian terlihat murah karena pemilik aplikasi menurunkan tarif semurah-murahnya dengan berbagai macam promo dan perang tarif, ungkapnya

Menyusul pemberlakuan tarif baru ini, pemilik aplikasi ojek online seperti Gojek menyatakan mengalami penurunan order karena tarif baru tersebut dianggap terlalu tinggi.

Gojek pun sempat berupaya mengembalikan ke tarif seperti semula (menurunkan tarif) atau tidak seperti yang ditetapkan pemerintah pada 1 Mei 2019 lalu.

Langkah penurunan tarif kembali yang dilakukan oleh Gojek ini. dinilai Darma merupakan sikap yang tidak patuh pada aturan.

"Sayangnya Kemenhub tidak bisa memberikan sanksi karena yang bisa memberikan sanksi adalah Komnfo mengingat ijin perusahaan aplikasi adanya di kominfo," imbuhnya.

(Jek/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Terekam Kamera, Meteor Jatuh di Langit Australia

Posted: 20 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah momen saat benda diduga meteor jatuh di langit Australia Utara terekam kamera CCTV. Saksi yang melihat kejadian tersebut mengaku juga mendengar suara besar saat meteor terlihat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: