Jumat, 24 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kapal Rakitan Pembawa Tim Selam Terbalik di China, 10 Orang Tewas

Posted: 24 May 2019 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Sebuah kapal yang membawa penumpang terbalik saat melintasi sungai di barat daya China. Sedikitnya 10 orang tewas dalam kejadian nahas tersebut. 

Sebanyak 12 penyelam merupakan beberapa di antara penumpang kapal tersebut. Sejauh ini delapan orang masih dinyatakan hilang, demikian penyiar stasiun televisi CCTV melaporkan, sebagaimana dilaporkan oleh Associated Press dikutip dari portal berita daring The Star pada Sabtu (25/5/2019).

Sang kapten penyelam termasuk di antara 11 orang yang berhasil diselamatkan setelah kapal terbalik di Desa Banrao di Provinsi Guizhou, China.

Polisi saat ini telah menahan kapten tim penyelam, meski dirinya masih terluka dan dirawat di rumah sakit.

"Kapal itu adalah kapal logam bertenaga motor yang "dibuat sendiri" alih-alih membeli dari produsen industri," kata Kementerian Manajemen Darurat China dalam sebuah pernyataan.

Kecelakaan transportasi di sungai-sungai China dan saluran air lainnya menjadi lebih jarang dalam beberapa tahun terakhir karena pemerintah menekankan keselamatan.

Dua Perahu Naga Juga Terbalik di China

Ilustrasi perahu naga (ANTARA)

Insiden kapal terbalik juga terjadi di China pada April tahun lalu. Tragedi nahas itu menimpa dua perahu naga di Sungai Taohuajiang, Kota Gulin, China selatan, pada Sabtu, 21 April 2018 waktu setempat. Akibatnya, 17 orang dipastikan tewas.

Kedua perahu naga sepanjang 18 meter, yang masing-masing mengangkut 30 orang tersebut tengah menjalani latihan sebagai persiapan menghadapi lomba kala insiden itu terjadi. Demikian seperti dikutip dari The Times of India.

Belum semua jenazah berhasil ditemukan oleh otoritas. Pencarian jasad korban pun masih terus berlanjut pada Minggu pagi waktu setempat, kata media pemerintah China Xinhua.

Sekitar 200 orang otoritas China dikerahkan untuk mencari jasad korban yang masih belum ditemukan akibat insiden perahu naga itu.

Dua Orang Ditahan

Ilustrasi penjara Guyana (AFP)

Dua orang penyelenggara dari Desa Dunmu diamankan pihak kepolisian untuk dimintai pertanggungjawaban atas peristiwa maut yang menimpa dua perahu naga tersebut, tulis Kantor Berita Xinhua seperti dikutip dari The Times of India.

Perahu naga atau "longchuan" memiliki bentuk memanjang dan sempit yang digerakkan oleh tenaga manusia dan digunakan pada olahraga dayung. Pada beberapa versi, perahu itu dilengkapi personel penabuh genderang sebagai pembangkit semangat para pendayung. 

Balapan perahu naga sudah menjadi tradisi dan sebagai hari libur nasional di China, Hong Kong, dan Taiwan. Festival perahu naga biasanya jatuh pada bulan Juni sebagai penanda masuknya musim panas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah, Pelaku Usaha Tetap Optimistis Kembangkan Bisnis

Posted: 24 May 2019 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) membuat pelaku usaha harus memutar otak untuk mempertahankan bisnis. Salah satunya dilakukan oleh PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) yang pengoperasian dua supermarket yaitu Ranch Market dan Farmer Market.

Direktur Utama Supra Boga Lestari Meshvara Kanjaya mengatakan,‎ melemahnya nilai tukar rupiah di pertengahan 2018 telah disikapi oleh pemerintah dengan semakin memperketat importasi guna menjaga nilai rupiah. Hal ini juga membuat pelaku usaha termasuk Supra Boga Lestari harus lebih kreatif untuk menyingkapi keragaman produk impor yang dibatasi.

"Kami mengantisipasi kondisi tersebut dengan semakin mencari produk pengganti dengan kualitas sama atau yang lebih baik dan dengan mengembangkan fresh product yang bernilai tambah," ujar dia di Jakarta, Sabtu (25/5/2019).

Meski dibayangi pelemahan rupiah, lanjut dia, sepanjang 2018, Supra Boga Lestari mampu membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 2,36 triliun atau meningkat 7,6 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Laba bersih meningkat 32,6 persen menjadi Rp 49,9 miliar di tahun taun lalu, nain dibandingkan 2017 yang sebesar Rp 37,7 miliar.

"Pendapatan bersih dan laba bersih konsolidasian perusahaan tahun 2018 tersebut adalah masing-masing 102,4 persen dan 124,9 persen dari target yang dicanangkan di awal tahun 2018," kata dia.

 

Tambah Gerai

Ilustrasi supermarket (Foto: iStockphoto)

Pada 2018, perusahaan menambah 3 gerai baru yang terdiri dari 1 Ranch Market di Gedung Arkadia Jakarta dan 2 Farmers Market di Rawamangun dan Kota Harapan Indah Bekasi.

Supra Boga Lestari juga melakukan renovasi signifikan pada 2 toko yaitu Ranch Market di Oakwood Jakarta dan Farmers Market di Sumarecon Mall Serpong.

Sementara untuk tahun ini, meski rupiah masih berpotensi untuk melemah, Supra Boga Lestari tetap melakukan pengembang bisnis dengan kembali membuka 8 gerai baru dan melakukan renovasi pada 3 gerai yang telah ada.

Untuk itu, perusahaan telah menyiapkan dana dalam belanja modal perusahaan (capital expenditure/capex) sebesar Rp 75 miliar.

"Rp 75 miliar akan digunakan untuk pembukaan 8 gerai baru, renovasi 3 gerai dan pengembangan sistem teknologi informasi," tandas Meshvara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Dawn Lee, Vlogger Kecantikan Korea yang Terkena Kanker Getah Bening

Posted: 24 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hidup Dawn Lee, perempuan asal Korea Selatan, seolah terbalik 180 derajat. Ia dinyatakan mengidap kanker getah bening dan harus menjalani kemoterapi. Padahal, selama ini ia menjalani profesi sebagai beauty vlogger yang tak lepas dari konten-konten kecantikan.

Sebuah saluran kemo dimasukkan ke dalam tubuhnya. Saluran sebagai tempat memasukkan obat-obatan kemoterapi itu menonjol di bawah tulang belikatnya.

Awalnya, Dawn mengaku ngeri melihatnya dan bahkan membencinya. Namun belakangan, ia menyebut saluran itu sebagai medali kehormatan atas perlawanannya terhadap penyakit kanker getah bening.

"Kamu akan melihatnya lebih baik lewat sesi pemotretan yang akan aku jalani," kata Dawn lewat akun Youtube-nya 'Secret Dawn' dan dipublikasikan oleh South China Morning Post, Kamis, 23 Mei 2019.

Sesi pemotretan itu berlangsung sekitar tiga minggu lalu. Perempuan bernama asli Lee Jung-Joo ditemani sang kekasih yang selama ini mendampingi menjalani kemoterapi.

Sebelum sesi pemotretan berlangsung, Dawn merias dirinya sendiri. Ia bahkan membagikan tutorial makeup natural untuk pemotretan berjudul Undefinable tersebut, termasuk memasang bulu mata palsu karena yang asli telah rontok karena efek kemoterapi.

"Bulu mata ini akan tumbuh kembali," sahut pengidap kanker getah bening ini berusaha positif.

Perubahan Besar

Karena kanker getah bening yang dideritanya, Dawn Lee terpaksa membotaki kepalanya. (dok. Youtube Secret Dawn/Dinny Mutiah)

Dawn Lee sejak 2014 aktif membagikan video tutorial makeup lewat akun media sosialnya. Mulai dari riasan natural hingga glamor ala idol K-pop, semua dibagikannya.

Sejak mengidap kanker, Dawn harus beradaptasi. Jari tangannya yang menghitam karena efek kemoterapi dipoles dengan cat kuku agar cantik. Rambut panjangnya yang rontok parah akhirnya dipotong pendek.

Ia bahkan menggundulinya agar tak terus melihat gumpalan rambut rontok setiap hari saking banyaknya. Sempat berusaha tegar, Dawn pun menangis saat dibotaki. Namun, sang kekasih terus menyemangatinya.

"Jangan sakit lagi ya," ujar sang kekasih sambil memberikan hadiah topi.

Kini, ia tetap aktif jadi beauty vlogger. Terakhir, ia mengunggah video review produk kecantikan Korea yang tak dijual di negeri ginseng itu.

"Aku sampai harus mengimpornya. Lucu kan," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekan Setim Ungkap Frustrasi Neymar bersama PSG

Posted: 24 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Neymar ternyata mulai tidak kerasan membela Paris Saint-Germain (PSG). Hal itu diungkap Dani Alves, sahabat maupun rekan setim Neymar di PSG dan Timnas Brasil.

Menurut Dani Alves, Neymar merasa frustrasi karena tidak mencapai target hidupnya sendiri dalam sepak bola ketika bergabung dengan PSG pada 2017. Neymar awalnya yakin bisa meraih sesuatu yang lebih besar.

"Dia (Neymar) dalam masa transisi karena tidak mendapatkan hasil yang dia inginkan di PSG," ujar Dani Alves, seperti dilansir ESPN.

"Neymar terobsesi oleh hasil dan selalu ingin di puncak. Oleh karena itu, jika dia tidak di puncak, dia jelas tidak bahagia," sambung mantan pemain Barcelona ini.

Alves menyarankan Neymar memanfaatkan waktu liburan musim panasnya untuk merefleksikan apa yang dapat dia lakukan untuk menjadi pemain yang lebih besar dari sekarang. Alves yakin Neymar akan mencapai tempat yang jauh lebih baik ketimbang saat ini.

 

Tidak Bahagia

Bek kanan PSG, Dani Alves, yang juga sahabat Neymar Jr. (AFP/Loic Venance)

"Dia tidak bahagia karena dia tidak mencapai hasil yang dia inginkan, itu membuatnya tidak bahagia," tutur mantan pemain Juventus ini.

Namun, Alves menjamin bahwa Neymar akan tetap di klub ibu kota Prancis itu musim depan. "Tugas dia di sini belum selesai," katanya.

Antarkan Juara

Neymar telah mengantarkan Les Parisiens menjuarai Ligue 1 Prancis dua kali beruntun yakni 2017-2018 dan 2018-2019. Gelar Coude de France dan Coupe de la Ligue juga dimenangi Neymar dengan seragam PSG.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Jubah Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz Terharu Temukan Ini di Sakunya

Posted: 24 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sehari setelah jasad Ustaz Arifin Ilham dimakamkan, istri pertama sang Ustaz, Wahyuniati Djamaluddin, memanggil semua anak laki-lakinya termasuk si sulung, Alvin Faiz.

Wahyuniati Djamaluddin, rupanya ingin membagikan pakaian-pakaian Ustaz Arifin Ilham semasa hidup kepada para putranya. Alvin Faiz pun memperlihatkan foto saat mengenakan jubah sang ayah tercinta.

"Bagus ya Jubah merah abi, tapi berasa ada yang janggal di kantong," ungkap Alvin Faiz sebagai keterangan foto di Instagram Stories-nya, Jumat (24/5/2019).

Ternyata suami Larissa Chou ini menemukan sebuah tasbih di saku jubah Ustaz Arifin Ilham. Seketika Alvin Faiz terkenang lagi dengan sosok ayahnya semasa hidup yang tak pernah lepas berzikir.

"Ya Allah seketika hatiku bergetar terharu. Teringat nasihat abi yang senantiasa mengingatkan bahwa abi tidak akan putus berzikir setiap harinya minimal 1000 kali istigfar perhari," tulisnya.

 

Doa

[Foto: Instagram Alvin Faiz]

Alvin Faiz lalu mendoakan ayah tercintanya. Ia harap amal ibadah Ustaz Arifin Ilham semasa hidup diterima di sisi Tuhan dan menjadi syafaat di akhirat.

"Ya Allah kami menjadi saksi bagaimana istiqomahnya abi selama ini. Ampun semua dosanya, Bahagia kan abi di sana ya allah, amin," ia mengakhiri keterangannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AJI Desak Pembatasan Akses Media Sosial Dicabut

Posted: 24 May 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Jurnalis Independen (AJI) mendesak pemerintah untuk segera mencabut kebijakan pembatasan akses media sosial. Langkah pemerintah tersebut dinilai tidak sesuai dengan UUD 1945 dan Deklarasi Umum Hak Asasi Manusia (HAM).

"Kami menilai langkah ini tak sesuai Pasal 28F UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi, serta pasal 19 Deklarasi Umum HAM yang memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk mencari, menerima dan menyampaikan informasi," ungkap Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan, dalam keterangan resmi AJI, Sabtu (25/5/2019).

Pemerintah memutuskan membatasi akses media sosial sejak Selasa (21/5/2019), khususnya fitur video dan gambar, pasca demonstrasi yang berujung dengan bentrokan dan pembakaran.

Demonstrasi tersebut terkait dengan hasil pengumuman pemenang Pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sampai berita ini ditulis, belum ada kejelasan dari pemerintah mengenai batas akhir pembatasan akses media sosial. Pemerintah beralasan pembatasan dilakukan untuk mencegah peredaran informasi palsu atau hoaks.

AJI pun meminta pemerintah untuk menghormati hak publik untuk memperoleh informasi, walau tak memungkiri adanya hoaks di media sosial.

"Kami menyadari bahwa langkah pembatasan oleh pemerintah ini ditujukan untuk mencegah meluasnya informasi yang salah, demi melindungi kepentingan umum. Namun kami menilai langkah pembatasan ini juga menutup akses masyarakat terhadap kebutuhan lainnya, yaitu untuk mendapat informasi yang benar," jelas Abdul Manan.

Kebebasan Berekspresi dan Transparansi Pemerintah

Ilustrasi Sosial Media

AJI juga menyerukan kepada semua pihak untuk menggunakan kebebasan berekspresi dengan sebaik-baiknya.

"Kami menolak segala macam tindakan provokasi dan segala bentuk ujaran kebencian, karena itu bisa memicu kekerasan lanjutan serta memantik perpecahan yang bisa membahayakan kepentingan umum dan demokrasi," sambung Abdul Manan.

Pemerintah pun didorong untuk meminta penyelenggara media sosial mencegah penyebarluasan hoaks, fitnah, hasut, dan ujaran kebencian secara efektif, melalui mekanisme yang transparan, sah, dan bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Anggota Brimob Terkena Peluru Saat Penembakan di Mako Brimob Purwokerto

Posted: 24 May 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mako Brimob Batalyon B Pelopor Kompi 3 Watumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ditembaki orang tak dikenal pada Sabtu (25/5/2019) dini hari. Polisi masih memburu pelaku yang diduga menggunakan mobil berwarna silver dari arah Selatan ke Utara dan langsung menembaki Pos Penjagaan depan Mako Brimob.

"Iya benar kejadiannya (penembakan Mako Brimob Purwokerto)," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Triatmaja saat dihubungi merdeka.com.

Seorang anggota Brimob yang berjaga bernama Bripka Imam Santoso luka di bagian kepala karena terkena peluru. Korban kini sudah dilarikan ke Rumah Sakit.

"Luka 1 orang di bagian kepala," ujar Agus.

Informasi yang dihimpun dari sejumlah warga, aksi penembakan tersebut diduga terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Dari pantauan di depan pintu gerbang Mako Brimob Watumas, pada pagar di samping pos penjagaan telah terpasang terpal untuk menutupi lokasi kejadian.

Selain itu, sejumlah personel Brimob dan Kepolisian Resor Banyumas tampak berjaga di sekirar pos penjagaan dengan menyandang senjata laras panjang.

Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Mantan CJR Main Bareng Film Say I Love You

Posted: 24 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua mantan personel CJR, Aldi Maldini dan Teuku Ryzki akan bermain bersama dalam film remaja berjudul Say I Love You (Say ILY). Filmnya sendiri akan mulai tayang pada 4 Juli 2019 bersamaan dengan masa liburan. 

Selain Aldi Maldini dan Teuku Ryzki, film Say ILY ini juga dibintangi oleh Dinda Hauw, Verdi Solaiman, Nadira Octova, Amy Namira, Shenina Cinnamon, dan Rachel Amanda. Pemain-pemain muda ini  yang selama ini bermain di film bertema remaja. Say I Love You menjadi film menarik bagi mereka karena tidak saja berakting, di film ini mereka memerankan karakter atau tokoh-tokoh inspiratif dan masih eksis.

Film ini terinspirasi dari kehidupan siswa-siswa sekolah SMU Selamat Pagi Indonesia (SPI) di Batu, Malang, Jawa Timur. Sekolah ini mengumpulkan anak-anak tidak mampu dan menggratiskan semua biaya hingga mereka selesai sekolah.

Sekolah ini juga menyiapkan siswa agar mampu mandiri. Perjalanan anak-anak muda untuk mandiri inilah yang membuat rumah produksi Multi Buana Kreasindo mengangkat cerita mereka ke layar lebar dengan mengandeng sutradara Faozan Rizal (Habibie Ainun, Abrakadabra).

"Sebagian besar cerita Say I Love You faktual, bukan cerita fiktif. Film ini terinspirasi dari kehidupan siswa-siswa di SMU SPI. Para pelakunya masih ada. Mereka berjuang mengubah takdir masa depan mereka. Takdir sebagai anak-anak tak berpunya, juga takdir mereka memperjuangkan cinta," ujar Faozan Rizal, sutradara film Say ILY dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (24/5/2019).

 

Tak Berbeda

Film Say I Love You

Say I Love You juga menjadi film drama romantis dengan menghadirkan kisah cinta tokoh-tokoh di film. Tak jauh berbeda dibanding kehidupan mereka sesungguhnya. Begitu juga perjuangan inspiratif anak-anak sekolah Selamat Pagi Indonesia, menjadi bagian cerita paling menyentuh.

 

Referensi

Adegan Film Say I Love You

Keberhasilan Faozan Rizal menggarap film-film drama romantis, menjadi referensi rumah produksi Multi Buana Kreasindo mempercayakan penggarapan film Say I Love You. Melalui ensembel pemain-pemain muda berbakat seperti: Dinda Hauw, Aldi Maldini, Teuku Ryzki, Nadira Octova, Amy Namira, Shenina Cinnamon, Rachel Amanda, menjadikan Say ILY sebagai formula lengkap sebagai film yang menghibur, segar dan dramanya menyentuh.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantap Hijrah, Olla Ramlan Kian Cantik Berhijab

Posted: 24 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olla Ramlan rupanya memanfaatkan Ramadan tahun ini untuk berhijrah. Artis cantik tersebut memutuskan untuk berhijab.

Olla menambah deretan artis yang berhijab di bulan Ramadan. Sebelumnya, sang adik, Cynthia Ramlan juga telah memutuskan untuk berhijab.

Olla sebelumnya menunjukan isyarat dirinya bakal berhijrah melalui Instagram. Dia mengunggah kalimat, Bismillahirrahmanirrahiim.

Setelah itu, istri Aufar Hutapea ini mengunggah foto-foto penampilan baru dengan hijab. Kini Olla terlihat lebih cantik dan anggun dengan hijab.

Pada salah satu foto yang diunggah, Olla menggambarkan suasana hatinya mengenakan hijab merupakan keputusan yang diambil dari hati.

" Semua dari hati...Semua karena ALLAH SWT," tulis Olla Ramlan dikutip Dream, Jumat 24 Mei 2019.

Unggahan wanita 39 tahun ini pun langsung dibanjiri pujian dan doa dari warganet." MasyaAllah aku terharu," tulis akun @k.rayhanna.

" Alhamdulillahhhhh...terharu bgt liat mamii olla," tulis akun @meyraummahafizah12.

" Love you even more kak olla! Smoga Istiqomah smpai akhir hayat," kata akun@ummanya.azka_kanz.

" Cantiknya mama olla ..semoga istiqomah," tulis akun @noviantianisa2.

 (Amrikh Palupi/Dream)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Diduga Teror Terjadi di Lyon Prancis, 13 Orang Terluka

Posted: 24 May 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Sebuah ledakan terjadi di Kota Lyon, Prancis pada Jumat, 24 Mei 2019 sore waktu setempat. Sebanyak 13 orang terluka, sementara badan penyelidikan nasional saat ini tengah menyelidiki kemungkinan motif terorisme.

Ledakan itu terjadi di area perbelanjaan pusat kota, sebagaimana dilansir dari CNN pada Sabtu (25/5/2019). Saluran televisi Prancis BFMTV melaporkan 12 orang dewasa dan seorang anak berusia 8 tahun yang terluka telah dibawa ke tiga rumah sakit di Kota Lyon, Prancis.

Pihak berwenang saat ini masih mencari orang yang dicurigai sebagai pelaku serangan, menurut twit dari akun Twitter terverifikasi milik Kepolisian Nasional Prancis.

Tak lama setelah kejadian, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyebut ledakan itu sebagai sebuah "serangan".

Penyelidik percaya bahwa ledakan itu mungkin disebabkan oleh bom parsel yang penuh paku, kata juru bicara jaksa kota kepada CNN.

Wali kota wilayah itu, Denis Broliquier, mengatakan pada saluran televisi Prancis BFMTV bahwa secara keseluruhan kerusakan yang ditimbulkan tidak parah karena "muatan bom parsel" tidak menyebabkan dampak yang meluas.

Luka para korban, lanjutnya, disebabkan oleh "potongan logam dan kaca". Sejauh ini pemicu ledakan juga masih diselidiki.

Penuturan Saksi Mata

Ilustrasi Foto Ledakan (iStockphoto)

Hanane Benakkouche, seorang pramusaji di restoran terdekat L'espace Brasserie, mengungkapkan kesaksiannya kepada CNN saat ledakan terjadi.

"Kami mendengar ledakan. Saya sedang bekerja di teras dan orang-orang mulai berlari, meninggalkan Victor Hugo Street," tuturnya. "Polisi tiba dengan cepat di tempat kejadian. Saya masih terkejut."

Evakuasi korban dan masyarakat yang tengah berada di lokasi kejadian dilakukan tak lama setelahnya. Kepolisian kemudian meminta masyarakat untuk menghindari daerah tersebut.

Juru bicara Kepolisian Nationale mengatakan kepada CNN bahwa para personel tim darurat segera dikerahkan, seraya menambahkan bahwa prioritasnya adalah membantu para korban "terlepas dari apakah itu kecelakaan mobil atau serangan teroris."

Melalui sebuah twit pada malam harinya, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, "Malam ini saya berduka cita bagi mereka yang terluka dalam ledakan di Lyon, keluarga mereka yang terkena dampak kekerasan yang menimpa orang-orang yang mereka cintai, dan semua warga Lyon. Kami di sisi Anda."

Ledakan Lain di Lyon

Ilustrasi Foto Ledakan (iStockphoto)

Insiden nahas juga pernah terjadi di Lyon, Prancis pada Februari 2019 lalu. Saat itu, ledakan terjadi di sebuah toko roti di kota Lyon, Paris, Prancis. Seorang wanita dan anaknya menjadi korban tewas dalam peristiwa tersebut.

"Insiden itu diduga dipicu oleh ledakan gas," kata pihak berwenang seperti dikutip dari Channel News Asia.

Api berkobar di Lyon pada Sabtu 9 Februari 2019 malam waktu setempat setelah ledakan di toko roti di lantai dasar gedung dua lantai.

"Dua jasad, seorang wanita dan anak ditemukan," kata jaksa penuntut umum Lyon, Nicolas Jacquet, seraya menambahkan bahwa polisi sedang menyelidiki penyebab kebakaran itu.

Menurut keterangan saksi mata kebakaran di toko roti Paris itu kepada AFP, ada seorang pria dengan luka ringan akibat melompat dari lantai dua mengatakan kepada petugas pemadam kebakaran bahwa istri dan anaknya yang hamil masih di dalam bangunan.

Selain itu ada tiga pejalan kaki dilaporkan terluka.

"Api setinggi beberapa meter terlihat berkobar dari toko roti dan membakar lantai atas," ujar Chahine Reghi, seorang pria yang tinggal di seberang jalan, mengatakan kepada AFP.

Kebakaran itu terjadi beberapa hari setelah 10 orang tewas dalam kebakaran di sebuah gedung apartemen Paris, selang sebulan setelah ledakan gas besar-besaran di pusat ibu kota yang menewaskan empat orang di sebuah gedung yang juga menampung sebuah toko roti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cosplay Pokemon Ini Maksa Banget, Hasilnya Bikin Ngakak

Posted: 24 May 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pokemon sudah menemani generasi milenial sejak lama. Termasuk Pikachu yang tentu sudah banyak dikenal anak-anak. Pokemon dengan warna kuning terang ini memang menjadi salah satu ikon dari kartun Jepang hingga saat ini. 

Di pasaran juga banyak dijual boneka, pin, atau pembatas buku yang mengambil Pokemon sebagai tema utamanya. Sebelumnya sebuah game yang bernama Pokemon Go juga popular di dunia dan banyak mendapat respon dari masyarakat.

Melihat repspon yang baik, baru-baru ini Warner Bros Picture juga telah merilis sebuah film live action dari salah satu jenis Pokemon yang berjudul Detective Pikachu. Detective Pikachu menjadi salah satu film yang wajib khususnya buat kamu para penggemar Pokemon.

Enggak cuma itu, cosplay tentang Pokemon juga banyak beredar di kalangan netizen. Lucunya banyak sekali cosplay bertema pokemon yang asal-asalan serta lebih bisa dibilang maksa banget.

Penasaran seperti apa kocaknya cosplay Pokemon yang absurd itu, Berikut Liputan6.com rangkum 5 cosplay Pokemon ini maksa banget, hasilnya malah bikin ngakak, Sabtu (25/5/2019).

1. Cosplay lagu Pokemon yang bikin gemes banget nih

4. Kolaborasi antara Pokemon dan Deadpool

View this post on Instagram

Here are some pics from Megacon! More stuff to come

A post shared by FawnaRose (@fawnarosettv) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Ganti Lampu Mobil untuk Mudik, Perhatikan Hal Ini

Posted: 24 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Musim mudik Lebaran 2019 sudah semakin dekat, beragam persiapan pun dilakukan untuk menyambut momen indah tersebut.

Jika Anda ingin mudik dengan nyaman, Anda bisa melakukan modifikasi ringan yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat mudik, salah satunya mengganti lampu.

"Kalau untuk dari keselamatan dan kenyamanan mudik, mereka biasanya kan jalan siang dan malam hari. Dari faktor pencahayaan, sama visual (water spot atau jamur dibersihkan), kaca film jangan terlalu gelap. Dan yang penting adalah pencahayaan. Kalau merasa gelap, sebaiknya ganti ke halogen sesuai fungsi, HID, atau ke lensa, " ungkap Yoong dari Yoong Motor saat buka bersama IMX 2019 bersama media, di Jakarta, kemarin (25/05/2019).

Menurut Yoong, mobil-mobil terbaru sudah mengadopsi sistem projector LED. Sistem ini terang di negara maju, karena jalanan yang dicor. Karakter warna jalan tidak berubah meski terkena hujan atau cerah. Kalau di Indonesia didominasi oleh aspal yang berwarna gelap, dan semakin gelap saat hujan. 

"Nah untuk lampu kita sarankan HID dengan pilihan warna putih agak kecoklatan di 4300 kelvin, sekarang ada warna baru 5500 kelvin putih kemerahan, itu masih aman. Karena jalan kita masih oke, dan HID sinarnya paling powerful," ungkap Yoong.

 

 

 

 

 

Biaya

Untuk masalah biaya, untuk menggunakan HID membutuhkan biaya setidaknya Rp1,5 juta. Namun, yang perlu diperhatikan adalah karakter reflektor lampu bawaan setiap mobil berbeda. Jika salah pengaturan, bisa-bisa membuat pengendara dari arah berlawanan terganggu dengan cahaya lampu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyindir Banget, 6 Meme Kocak Ajakan Buka Bersama

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Momen buka puasa adalah salah satu momen paling ditunggu di bulan Ramadan. Biasanya, momen ini juga dijadikan ajang silaturahmi dengan teman-teman atau saudara yang telah lama tidak berjumpa dengan mengadakan acara berbuka bersama. 

Namun seringnya, karena kesibukan masing-masing yang berbeda, ajakan buka bersama tak mudah diwbukaujudkan. Adakalanya, ajakan berbuka bersama pun hanya menjadi wacana belaka. 

Tak heran, hal ini sering menjadi bahan sindiran warganet. Tak percaya, simak sindiran warganet bila diajak buka bersama seperti dilansir dari berbagai sumber berikut ini.

1. Tidak semua orang ternyata mendapat ajakan buka bersama

Doc: Facebook.com

2. Begini kira-kira sulitnya menyamakan jadwal untuk buka bersama

Doc: Facebook.com

3. Saking sulitnya, seperti petualangan mengumpulkan dragon ball

Doc: Facebook.com

4. Buka bersama mau, tapi malah ga tarawih bersama, sering terjadi

Doc: Facebook.com

5. Yang pasti, semakin banyak ajakan buka bersama pengeluaran makin besar

Doc: Facebook.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Seseorang Pingsan Usai Melihat Darah

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan kesadaran atau pingsan mungkin pernah dialami oleh sebagian dari kita. Berbagai pemicunya beragam seperti melihat darah, berada di keramaian atau kepanasan saat upacara. Reaksi ini dalam dunia medis disebut dengan vasovagal syncope atau neurocardiogenic syncope.

Dokter spesialis jantung yang juga Direktur NYU Langone Heart Rhythm Center, Amerika Serikat, Larry A. Chinitz, mengatakan bahwa pingsan karena kondisi yang tidak nyaman mungkin menyulitkan dan tampak membahayakan. Namun, vasovagal syncope ini bukanlah kondisi medis yang berbahaya. 

Chinitz mengatakan bahwa tubuh merespons stimulus tertentu dengan memperlambat aktivitas tubuh. Hal ini dinamakan dengan refleks Bezold-Jarisch. Setiap orang memiliki hal tersebut tapi efeknya berbeda-beda.

Menurut Mayo Clinic, ada beberapa kejadian yang memicu hal tersebut. Tak cuma melihat darah atau kepanasan saat upacara, Chinitz pun menambahkan bahwa rasa sakit, sembelit atau overeating juga bisa menyebabkan pingsan.

Selanjutnya tubuh akan merespons hal tersebut dengan memperlambat aktivitas tubuh. Detak jantung dan tekanan darah akan menurun. 

"Tekanan darah atau detak jantung menurun drastis bisa menyebabkan seseorang pingsan," kata dokter Chinitz, seperti dikutip dari Health, Sabtu (25/5/2019).

 

Umumnya, Tidak Ada Hubungan dengan Penyakit Jantung

Jantung. (iStock)

Chinitz mengatakan bahwa hingga saat ini belum diketahui alasan refleks yang berbeda-beda ketika  mengalami Bezold-Jarisch. Bagi orang yang pingsan ketika mengalami itu tentu tidak menyenangkan. Walau secara umum ini bukan merupakan tanda penyakit atau kondisi serius. 

"Ini adalah gejala biasa. Tidak terkait dengan masalah jantung lainnya," kata Chinitz.

Namun, bisa saja pingsan jadi tanda penyakit tertentu. Jika mengalami pingsan dengan frekuensi yang sering, sampaikan ini ke dokter. Dokter juga mungkin akan melakukan tes seperti elektrokardiogram (EKG) untuk memeriksa detak jantung Anda atau tes darah untuk memeriksa apakah Anda mengalami anemia. 

 

Penulis: Khairuni Cesario

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melaney Ricardo Tak Tahu Haruka Sedang Berduka Ditinggal Kakak

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melaney Ricardo beberapa waktu lalu diserang warganet. Hal itu karena dirinya terlibat dalam video prank terhadap Haruka.  

Dari situ, Melaney Ricardo dibully warganet karena dianggap tidak memiliki empati terhadap Haruka. Diketahui, saat itu Haruka tengah berduka karena ditinggal kakak kandungnya. 

Rupanya di balik itu semua, Melaney Ricardo tidak mengetahui bahwa Haruka tengah dirundung duka. 

"Ternyata kakaknya Haruka meninggal, saya secara pribadi tidak tahu bahwa Haruka ditinggal kakanya dalam usia cukup muda dan kaget banget Haruka enggak bisa say goodbye sama kakaknya karena enggak ada kesempatan," kata Melaney Ricardo di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (24/5/2019). 

 

Minta Maaf

Melaney Ricardo saat Grand Opening Bocorocco, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2019).

Untuk itu, melalui vlognya Melaney Ricardo menyampaikan permintaan maafnya secara langsung kepada Haruka, "kakaknya meninggal di Jepang, Haruka masih di Indonesia. Jadi di kesempatan kemarin aku ngevlog bareng Haruka, ya aku minta maaf karena aku enggak tahu," kata Melaney Ricardo. 

 

Terima Kasih

(Instagram/melaney_ricardo)

Melaney Ricardo baru mengetahui belakangan setelah ia dibully oleh para warganet. Kendati demikian, ia juga menyampaikan terima kasih kepada warganet karena telah memberitahukannya soal berita duka tersebut.  

"Terimakasih buat netizen juga karena netizen yang sudah kasih tau. Kalau enggak, aku enggak tau sama sekali bahwa Haruka sedang berduka. Makannya pas ngeprank dia nangisnya kejer banget," lanjutnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Soal Ujian Nyeleneh Madrasah Ibtidaiyah di Blora

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Blora - Soal ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas 1 mata pelajaran Fiqih yang dilaksanakan pada Selasa (21/5/2019) bikin geleng-geleng kepala. Dalam soal itu terdapat kalimat pertanyaan yang tidak nyambung dengan isian jawabannya.

Gempur, salah satu orangtua di Kecamatan Banjarejo mengatakan, soal ujian itu bahasanya terlalu rumit. Sebagai orangtua dirinya hanya meminta soal ujian tidak dibuat sembarangan.

"Tidak usah terlalu sulit buat soalnya. Buat yang gampang namun nyambung apa pertanyaan dan penyediaan jawaban," ungkapnya kepada Liputan6.com, Jumat (24/5/2019).

Dirinya juga mengatakan, pembuatan soal ujian seharusnya perlu ada proses kroscek dari dinas maupun lembaga yang kompeten membidangi itu. "Seyogyanya ada koreksi terkait soal seperti itu," katanya.

Sementara itu, Zainal Mutaqin, salah seorang guru Sekolah Dasar (SD) di Blora mempertanyakan mengapa soal yang tidak nyambung dan terkesan dibuat secara sembarangan itu bisa dipakai untuk ujian.

"Soal itu menunjukkan bahwa kompetensi yang buat soal dipertanyakan," katanya.

"Asal-asalan itu soal, terlihat tidak sinkron. Untungnya saya ngajarnya di SD, bukan di MI," imbuhnya.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Khozinatul Ulum 1 Blora, KH Zaki Fuad juga memberikan tanggapan serupa setelah melihat soal tersebut

"Kemenag sering seperti itu, soal tinggal bolak-balik arsip dan copy paste, padahal buat soal itu ada anggarannya," beber Gus Zaki sapaan akrabnya, ketika diinformasi Liputan6.com.

Dihubungi secara terpisah, Plt Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora, HM Fatah mengatakan, soal tersebut dibuat oleh tim guru-guru penyusun soal. Pihaknya akan melakukan pengecekan sampai ketemu pembuat soal tersebut.

"Supaya tidak terulang, pasti ini tak cek, terimakasih koreksinya," kata Fatah.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1 2019: Persija Terancam Tanpa Dukung Jakmania di Markas PSIS

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta terancam tidak akan mendapat dukungan langsung dari The Jakmania saat bertandang ke markas PSIS Semarang pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019. Penyebabnya adalah harga tiket yang terlalu mahal.

Sekadar informasi, Persija kembali bermain tandang pada liga yang disiarkan oleh Indosiar dan O Channel. Tim Macan Kemayoran akan menghadapi PSIS di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (26/5) malam WIB.

Meski bermain tandang, Persija selalu mendapatkan dukungan The Jakmania di tribune. Tapi untuk laga PSIS, mereka enggan hadir.

Padahal, manajemen PSIS telah menyediakan kuota 2.000 tiket untuk suporter Persija. Tapi, The Jakmania keberatan dengan harga yang dibanderol panitia penyelenggara, yakni Rp 175 ribu per lembar. 

 

 

 

 

 

Kemahalan

Suporter Persija Jakarta, The Jakmania. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Pengurus pusat Jakmania sempat berkomunikasi dengan manajemen PSIS terkait harga tiket. Tapi, PSIS tidak bersedia untuk menurunkan harga tiket.

"Kami tidak menemukan kesepakatan antara The Jakmania dan pihak Manajemen PSIS Semarang mengenai keberatan kami terhadap kebijakan Panpel PSIS Semarang yang dibebankan kepada The Jakmania," demikian pernyataan resmi PP Jakmania.

Karena itu, kami Pengurus Pusat the Jakmania memutuskan untuk tidak mengkoordinir dan memberangkatkan rombongan pada pertandingan PSIS Semarang melawan Persija Jakarta pada 26 Mei nanti."

"Keputusan ini kami ambil sebagai bentuk kekecewaan terhadap manajemen PSIS Semarang. Semoga keputusan kami ini dapat dipahami oleh semua pihak, baik itu anggota The Jakmania yang ada di Jakarta maupun di luar Jakarta (Outsider), juga oleh saudara-saudara kami suporter PSIS Semarang (Snex dan Panser Biru)," tutup pernyataan itu.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Klasemen Shopee Liga 1 2019

 
 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prostitusi Online Madam Ismail Terbongkar di Tengah Ramadan

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi - Aparat kepolisian berhasil membongkar praktik prostitusi online di Banyuwangi. Seorang pria yang diduga sebagai muncikari diamankan. Dia adalah Ismail alias Madam (31), warga Dusun Pekarangan, Desa Kelir, Kecamatan Kalipuro. Tarif yang dipasang Madam untuk satu kali kencan dengan para Pekerja Seks Komersial (PSK) 'asuhan'-nya sebesar Rp 2,5 juta.

"Awalnya kami mendapatkan informasi bahwasanya di salah satu penginapan di wilayah Kecamatan Kalipuro terdapat transaksi prostitusi online. Selanjutnya kami tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan," kata Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansya Zeinardi melalui Paur Humas Ipda Lita Kurniawan, Selasa (21/5/2019).

Informasi mengenai praktik prostitusi online itu diterima polisi pada Jumat, 17 Mei 2019, sekitar pukul 19.00 WIB. Anggota Resmob Polres Banyuwangi kemudian menuju ke penginapan yang dimaksud. Benar saja, di penginapan tersebut ditemukan sepasang laki-laki dan perempuan yang bukan suami istri. Polisi kemudian melakukan interogasi pada kedua orang itu.

"Setelah dilakukan interograsi, saksi menjelaskan bahwa yang bersangkutan dikenalkan oleh muncikari yang bernama Ismail alias Madam. Selanjutnya, dilakukan penangkapan terhadap saudara Ismail alias Madam untuk diproses secara hukum," kata pria yang pernah menjabat sebagai Kasi Propam Polres Banyuwangi ini.

Tersangka ditangkap petugas di rumahnya. Pria ini pun mengakui perbuatannya. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, tersangka awalnya berkomunikasi dengan pria hidung belang melalui telepon untuk memilih perempuan yang akan diajak berkencan. Komunikasi juga dilakukan untuk menyepakati tarif kencan yang dilakukan.

Setelah disepakati uang kemudian ditransfer. Dalam kasus ini, untuk satu kali kencan disepakati seharga Rp 2,5 juta. Dari tarif ini, PSK mendapatkan bagian sebesar Rp 1,5 juta sedangkan sang muncikari mendapatkan bagian sebesar Rp 1 juta.

"Dalam kasus ini tersangka kita jerat dengan Pasal 45 Ayat (1) Jo Pasal 27 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau Pasal 506 KUHP," jelasnya.

Barang bukti yang diamankan berupa sebuah telepon genggam yang berisi data transaksi kasus prostitusi online ini. Sebuah iPhone, uang tunai sebesar Rp 1,5 juta hasil transaksi yang diberikan kepada PSK, uang tunai sebesar Rp 1 juta hasil transaksi dengan pria hidung belang dengan muncikari, sebuah alat kontrasepsi berupa kondom dan pakaian.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib Produsen Snack Taro Diputuskan Pekan Depan

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) berharap para kreditor dapat menerima proposal perdamaian yang ditawarkan perseroan untuk proses penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) untuk anak usaha perseroan PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP).

Dua anak usaha perseroan ini yang memproduksi makanan ringan atau disebut snack merek Taro. Adapun kasus PKPU anak usaha perseroan ini terdaftar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat dengan nomor perkara 117/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN Jkt.Pst. Pemohon kasus PKPU tersebut PT Bank UOB Indonesia.

Corporate Secretary TPS Food, Michael H.Hadylala menuturkan, saat ini masih dalam proses PKPU yaitu anak usaha perseroan PT Putra Taro Paloma (PTP) dan PT Balaraja Bisco Paloma (BBP). Perseroan akan hadapi proses pemungutan suara (voting) terhadap proposal perdamaian yang diajukan perseroan.

Keputusan diterimanya proses perdamaian dengan kreditur ditentukan pada pekan depan. Michael menuturkan, pihaknya dibantu oleh Deloitte untuk pembuatan proposal perdamaian.

"Kalau Taro pekan depan. Proposal perdamaian sudah kami siapkan. Optimistis, berkah Ramadan. Kreditur bisa terima proposal perdamaian dengan kepastian pembayaran utang-utang. Kreditur tersebut banyak mulai dari bank, pemegang obligasi dan sukuk.  Target sebelum Lebaran ini sudah selesai (proses PKPU)," tutur Michael saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (25/5/2019).

Ia menuturkan, kalau kreditur konkruen mayoritas sudah sepakat. Saat ini nasib produsen Taro berada di tangan kreditur separatis yaitu UOB. Kreditur separatis memiliki hak untuk melakukan eksekusi objek jaminannya dan mendapatkan piutang terlebih dahulu ketimbang kreditur konkuren. 

"Sekarang tinggal UOB sebagai kreditur separatis apakah akah membiarkan Taro pailit? Karena sekarang bola tangan di UOB," tutur dia.

Michael menambahkan, jika proses PKPU anak usaha di bidang makanan ringan ini selesai, perseroan akan fokus untuk menyelesaikan utang-utang perseroan. Selain itu, perseroan juga fokus mengembangkan bisnis makanan setelah bisnis beras perseroan dinyatakan pailit.

 

Akuisisi Taro oleh TPS Food pada 2011

Makanan ringan Taro ini memang sudah lama beredar di Indonesia dan dikenal publik sejak 1984.

 Sebelum dibeli oleh Tiga Pilar Sejahtera Food, makanan ringan merekTaro dipegang oleh Unilever. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk menyelesaikan akuisisi  merek Taro dan pabrik dari PT Unilever Indonesia pada Desember 2011.  

Nilai akuisisinya diperkirakan Rp 200 miliar lebih. Akuisisi merek Taro tersebut diharapkan dapat mendongkrak pendapatan bagi Tiga Pilar Sejahtera Food.

Saa itu, Unilever Indonesia melepas merek Taro untuk fokus pada bisnis utamanya yaitu home, personal care, food dan ice cream. Sementara itu, Unilever juga akuisisi merek Taro pada 2003 dari PT Rasa Mutu Utama.

 

Induk Usaha Lolos Pailit

Pengunjung mengambil foto layar indeks harga saham gabungan yang menunjukkan data di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin.(Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sedangkan proses PKPU  induk usaha perseroan yaitu TPS Food dan anak usaha perseroan Tiga Pilar Sejahtera sudah diterima proposal perdamaiannya oleh kreditur pada pekan ini.

Kasus PKPU itu terdaftar dalam PKPU Nomor 121/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Jkt.Pst terhadap PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk dan PKPU Nomor 18/Pdt.Sus-PKPU/2018/PN.Smg terhadap PT Tiga Pilar Sejahtera dan PT Poly Meditra Indonesia. Permohonan perkara tersebut diajukan PT Sinarmas Asset Management dan PT Asuransi Simas Jiwa.

"Tiga Pilar Sejahtera Senin ini proposal perdamaian sudah diterima di PN. Semarang. Sedangkan TPS Food di PN Jakarta Pusat," ujar dia.

Michael menuturkan, jika proses PKPU selesai, perseroan akan menagih piutang yang macet dari sejumlah distributor. Diharapkan dengan ada tambahan dari tagihan piutang bisa membantu perseroan.

Selain itu, perseroan juga akan fokus untuk genjot penjualan sehingga menambah modal. Dengan begitu, kondisi keuangan diharapkan lebih baik ke depan.

Berdasarkan laporan keuangan 2017 yang disampaikan di Bursa Efek Indonesia (BEI), perseroan mencatatkan liabilitas Rp 5,31 triliun pada 31 Desember 2017 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 4,99 triliun.

Anak Usaha di Divisi Beras Pailit

Ilustrasi Beras (Istimewa)

Adapun nasib divisi beras dinyatakan pailit di Pengadilan Niaga di Semarang pada awal Mei 2019. Kepailitan itu terjadi pada entitas anak perseroan dalam perkara Nomor 15/Pdt.Sus-PKPU/PN.Smg terhadap PT Dunia Pangan, PT Sukses Abadi Karya Inti, PT Indo Beras Unggul dan PT Jatisari Sri Rejeki.

Dalam keputusan pengadilan tersebut juga menunjuk dan mengangkat Suwandi dan Giri Singgih Hartarto sebagai kurator dalam proses kepailitan anak usaha perseroan.

Corporate Secretary PT TIga Pilar Sejahtera Food Tbk, Michael Hadylala menuturkan, keputusan pailit terhadap divisi beras memang berdampak terhadap perseroan tetapi tidak terlalu banyak. Dalam dua hingga tiga tahun ini juga, kinerja perseroan lebih banyak ditopang dari bisnis makanan.

"Tidak banyak pengaruhnya karena bisnis makanan yang berkontribusi lebih banak dalam dua hingga tiga tahun terakhir," ujar dia.

Ia menambahkan, bila memang kondisi normal, seharusnya kontribusi divisi makanan dan beras bisa 50:50. Akan tetapi, 2-3 tahun terakhir, bisnis makanan lebih berkontribusi besar terhadap kinerja perseroan.

Meski demikian, ada keputusan pailit ini, menurut Michael pengaruhi proses pelepasan divisi beras. Perseroan akan melepas aset divestasi beras sebelum ada proses PKPU. "Dengan ada keputusan PKPU nilainya tidak optimal," kata dia.

Seperti diketahui, Tiga Pilar Sejahtera Food ketika anak usaha perseroan yaitu Indo Beras Unggul dan Jatisari Sri Rejeki sempat bermasalah.

Hal ini bermula pada 20 Juli 2017, saat itu, Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan dan Operasi Penurunan Harga Beras Mabes Polri gerebek sebuah gudang beras milik PT Indo Beras Unggul di Bekasi dengan dugaan melakukan kecurangan pada kemasaran produk beras di pasaran. Pada 2 Februari 2018, PT Jatisari Sri Rejeki diputuskan bersalah oleh Pengadilan Negeri Karawang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ICJR: Pembatasan Akses Media Sosial Harus Berdasarkan Hukum

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak 22 Mei lalu, pemerintah telah membatasi akses dan fitur media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, WhatsApp, dan LINE) untuk sementara waktu.

Tindakan ini dilakukan terkait dengan kondisi di Jakarta, terutama Kantor Bawaslu dan KPU RI yang terus didatangi massa aksi unjuk rasa yang memprotes hasil Pemilihan Umum 2019.

Pembatasan ini, menurut klaim pemerintah yang diwakili oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, semata-mata dilakukan untuk mencegah provokasi hingga penyebaran berita bohong kepada masyarakat. Pemerintah lebih lanjut menyatakan bahwa keputusan untuk membatasi akses ke media sosial dan aplikasi chatting ini telah sesuai dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). 

Pada kesempatan terpisah, ICJR mempertanyakan inisiatif tersebut, mengingat tindakan pembatasan ini tidak diperlukan didasari dengan dua alasan.

Pertama, pembatasan. Ini sangat bertentangan dengan hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi serta kebebasan berekspresi.

Pembatasan yang dilakukan terhadap media sosial dan aplikasi chatting yang telah menghambat komunikasi masyarakat, terutama melalui aplikasi WhatsApp dan LINE.

Hak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi telah dilindungi dalam Pasal 28F UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. 

Kedua, pembatasan akses dan fitur terhadap media sosial dan aplikasi chatting tanpa pemberitahuan sebelumnya adalah tidak tepat.

Pasal 4 Kovenan Internasional tentang Hak Sipil dan Politik (ICCPR) yang telah diratifikasi melalui UU No 12 Tahun 2005 memberikan kewenangan kepada negara untuk melakukan pembatasan-pembatasan hak asasi manusia ketika negara dalam keadaan darurat.

Keadaan darurat dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti penyebab yang timbul dari luar (eksternal) atau dari dalam negeri (internal).

Ancamannya dapat berupa ancaman militer/bersenjata atau dapat pula tidak bersenjata seperti teror bom dan keadaan darurat lainnya.

Dalam keadaan darurat yang mengancam kehidupan bangsa tersebut, konstitusi memberikan kekuasaan kepada kepala negara atau pemerintah untuk menilai dan menentukan negara dalam keadaan darurat.

Dua Kondisi Mendasar

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Dalam Komentar Umum No. 29 terhadap Pasal 4 ICCPR mensyaratkan ada dua kondisi mendasar harus dipenuhi untuk dapat membatasi hak asasi manusia.

Pertama, situasinya harus berupa keadaan darurat yang mengancam kehidupan bangsa. Kedua, Presiden harus penetapan secara resmi bahwa negara dalam keadaan darurat melalui Keputusan Presiden.

Penetapan ini sebelumnya pernah dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 2004 silam untuk mengumumkan keadaan darurat di Aceh.

Meski begitu, tindakan-tindakan pembatasan HAM harus ditentukan batas-batasannya yang jelas beserta ukuran-ukuran yang tidak membuka peluang terjadinya penyalahgunaan dengan merugikan kepentingan yang lebih luas. Tindakan pembatasan akses serta fitur media sosial, dan aplikasi chatting secara langsung tanpa ada pengumuman sebelumnya adalah tidak tepat.

Berdasarkan atas hal ini, maka ICJR merekomendasikan tiga hal kepada pemerintah. 

Pertama, pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan pembatasan akses terhadap media sosial dan aplikasi chatting harus benar-benar mengkaji batas-batasannya yang jelas, agar tidak membuka peluang terjadinya pengurangan hak dan kepentingan yang lebih luas, seperti hak untuk berkomunikasi. 

Kedua, apabila ada suatu keadaan darurat yang menyebabkan pembatasan terhadap HAM tertentu sebagaimana diatur dalam ICCPR, maka Presiden harus membuat penetapan secara resmi bahwa negara dalam keadaan darurat melalui Keputusan Presiden.

Ketiga, apabila suatu keadaan tidak termasuk keadaan darurat tetapi pemerintah merasa perlu untuk menetapkan suatu kejadian tertentu yang menyebabkan pembatasan HAM, maka tindakan tersebut seharusnya merupakan tindakan hukum yang diumumkan oleh pejabat hukum tertinggi di Indonesia, yaitu Jaksa Agung.

Sehingga, kebijakan yang diambil pemerintah merupakan kebijakan hukum dan bukan kebijakan politis.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Remaja Ini Pecahkan Rekor Dunia Makan Pakai Kaki

Posted: 24 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Remaja India berusia 19 tahun mencetak rekor dunia. Ia memakan 65 buah anggur menggunakan kaki dalam waktu 3 menit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penembakan Pos Jaga Mako Brimob Purwokerto

Posted: 24 May 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Agus Triatmaja membenarkan peristiwa penembakan pos Penjagaan Mako Brimob Batalyon B Pelopor Kompi 3 Watumas, Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Pos Mako Brimob itu menjadi sasaran penembakan orang tidak dikenal pada Sabtu (25/5/2019) pukul 01.30 WIB.

"Iya, masih dalam penyelidikan," kata Agus seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/5/2019).

Sebelum penembakan terjadi, datang mobil jenis Avanza-Xenia lama sekitar tahun 2010 warna silver dari arah selatan menuju ke utara, kemudian langsung menembaki Pos Penjagaan Depan Brimob.

Akibat kejadian tersebut mengenai kaca penjagaan, dan pada saat itu ada anggota Brimob yang mau masuk kesatrian, atas nama Bripka Imam Santoso. Dia terkena tembakan dan terserempet pada bagian kepala namun menggunakan helm sehingga kondisi kepala lecet. Saat ini Bripka Imam tengah di Rawat di RS DKT Purwokerto.

Diperkirakan tembakan tersebut berasal dari jenis senjata otomatis laras panjang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kebiasaan Salah yang Sering Dilakukan Usai Keramas, Bikin Rambut Rusak

Posted: 24 May 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keramas tentu jadi kegiatan rutin yang dilakukan untuk membersihkan rambut. Namun keramas tetap dilakukan sesuai kebutuhan dan keperluan, tidak boleh berlebihan. 

Kegiatan mencuci rambut atau keramas lebih baik tidak dilakukan setiap hari karena malah bisa menyebabkan rambut rusak. Selain itu, minyak alami pada rambut juga bisa hilang karena terlalu sering keramas.

Begitu pula dengan kebiasaan setelah keramas. Beberapa kebiasaan setelah keramas bisa membuat rambut menjadi rusak. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/5/2019) tentang kebiasaan salah yang dilakukan setelah keramas

Menggunakan Hairdryer dan Handuk

Mengeringkan rambut Sumber foto: Serrnovik/Getty Images/Huffington Post.

1. Mengeringkan Rambut Dengan Hairdryer

Menggunakan hairdryer atau pengering rambut dalam keadaan rambut masih basah dapat memicu kerontokan rambut. Tidak hanya itu, kebiasaan yang mungkin biasa dilakukan saat kamu sedang terburu-buru dan perlu siap secepatnya ini bisa membuat rambut menjadi patah dan kering.

Mengeringkan rambut dengan hairdryer menjadikan rambut rapuh walaupun kamu ingin secepatnya menata rambut supaya bisa melanjutkan aktivitas. Ini disebabkan panas dari hairdryer akan melembabkan rambut yang masih basah tersebut. Jadi memanaskan rambut yang basah akan berbahaya bagi rambut kamu.

2. Menggosok Rambut Dengan Handuk

Kebiasaan ini tentu sangat sering dilakukan kebanyakan orang. Menggosok rambut dengan handuk, apalagi dilakukan dengan gesekan yang kuat bisa membahayakan rambut. cara mengeringkan rambut satu ini akan menyebabkan rambut menjadi bercabang serta terasa kasar dan keras.

Oleh karena itu, lebih baik gunakan kain yang lebih halus seperti kain katun. Namun tetap saja jangan menggosok rambut dengan keras. Kamu bisa menggunakan kain katun tersebut untuk membungkus dan menekan rambut dengan lembut agar menyerap air.

Dengan begitu, kamu bisa terbebas dari rambut bercabang dan terasa kasar. Dalam mengeringkan rambut yang sedang basah setelah keramas, kamu memang harus bersabar agar kesehatannya tetap terjaga.

Menyisir dan Mengikat Rambut

Ilustrasi rambut/copyright shutterstock

3. Menyisir Rambut

Menyisir rambut saat masih basah merupakan salah satu kebiasaan yang tidak boleh dilakukan setelah keramas. Melakukan hal ini hanya akan membuat rambut menjadi rontok dan bahkan bisa menempel di sisir yang digunakan.

Bila ingin menyisir rambut, kamu sebaiknya menunggu sampai rambut agak kering, setelah itu baru kamu bisa merapikan rambut dengan sisir yang bergigi jarang. Bila kamu tidak memakai sisir bergigi jarang, maka rambut bisa rusak. Bila rambut masih basah, kamu bisa merapikan rambut dengan menggerakan jari tangan secara lembut.

4. Mengikat Rambut Dalam Keadaan Basah

Kebiasaan yang tidak boleh dilakukan setelah keramas yang selanjutnya adalah mengikat rambut dalam keadaan basah. Hal ini menjadi peringatan kepada orang orang yang memiliki rambut panjang.

Mengikat rambut dalam keadaan masih basah bisa membuat rambut menjadi patah dan menimbulkan bau tidak sedap. Bahkan hal ini bisa mengakibatkan rambut menjadi bercabang dan rusak.

Karena rambut yang diikat tidak benar benar kering, maka akan mengakibatkan berbagai macam masalah seperti ketombe, kulit kepala gatal, kutu kepala, dan lain lain. Hal ini tetap akan terjadi meskipun kamu mengikat rambut dengan longgar dan bisa dilewati udara. Jadi kamu harus benar-benar memperhatikan hal ini.

5. Tidur Saat Rambut Masih Basah

Setelah keramas, rambut tentunya masih sangat rapuh karena masih basah. Salah satu kebiasaan yang cukup sering dilakukan adalah tidur saat rambut masih basah.

Hal ini bisa menyebabkan rambut menjadi kusut dan susah diatur. Bahkan juga akan muncul bau tidak sedap dari rambut bila dibiarkan dalam keadaan lembap terlalu lama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Langka, Negara Ini Siap Luncurkan Taksi Laut untuk Warganya

Posted: 24 May 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah banyak negara berbondong-bondong membuat inovasi taksi terbang untuk mengatasi kemacetan. Kini muncul lagi trobosan baru di dunia transportasi, yaitu taksi laut. Bisa membayangkan bagaimana taksi laut ini? Diketahui Australia akan meluncurkan transportasi online bawah laut yang bernama ScUber, seperti yang Liputan6.com lansir dari News Australia, Sabtu (25/5/2019).

Kapal selam ini nantinya akan menjadi taksi bawah laut yang akan memanjakan penumpang dengan pemandangan laut yang indah. Setelah kemarin Dubai dan Jerman baru saja memperkenalkan taksi terbangnya. Lain dari pada yang lain, Australia justru akan memperkenalkan 'taksi bawah airnya'.

Inovasi dari Uber

Taksi laut ScUber (sumber: newsau)

Transportasi bawah air ini bernama ScUber. Transportasi dari Uber ini nantinya akan membawa penumpang menjelajahi ikon bawah laut Australia, Great Barrier Reef. 

ScUber akan diluncurkan pada tanggal 27 Mei nanti di Great Barrier Reef. Dan untuk sementara kapal selam ini hanya tersedia untuk berangkat dari Pulau Heron, dan lepas pantai di Gladstone di wilayah Southern Great Barrier Reef.

Untuk tarif, penumpang akan dikenakan 3.000 Dolar atau setara Rp 43,4 juta untuk dua orang. Kapal selam ini mampu menampung 3 orang dengan rincian dua penumpang dan satu sopir. Penumpang akan dibawa menikmati perjalanan laut di Great Barrier Reef selama 1 jam.

Penumpang nantinya akan menyelam dengan kedalaman maksimal 30 meter dengan pemandangan 180 derajat hamparan bawah laut Great Barrier Reef yang menawan. Cara memesannya sama seperti pemesanan transportasi online darat, penumpang hanya perlu memesan dengan aplikasi Uber.

Keamanan Taksi Laut

Untuk keamanan taksi laut dari karang, pihak ScUber pun meyakinkan diri bahwa transportasi mereka tidak akan mengganggu ataupun merusak kehidupan bawah laut Great Barrier Reef. Uber nantinya juga mendonasikan sebagian pendapatan ScUber untuk konservasi di Great Barrier Reef.

ScUber adalah kapal selam yang membantu turis-turis yang tidak bisa menyelam atau yang takut belajar diving menikmati alam bawah laut. Kapal selam ini dilengkapi dengan lensa tanpa filter, hingga apa yang ada di bawah laut benar-benar terlihat jelas dari dalam kapal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sergio Ramos Mulai Galau di Real Madrid

Posted: 24 May 2019 09:45 PM PDT

Jakarta Sergio Ramos mulai galau dengan masa depannya di Real Madrid. Pemain 33 tahun itu bahkan sedang mempertimbangkan untuk hengkang dari Santiago Bernabeu.

Kegalauan Ramos tak lain karena situasi di Real Madrid setelah melewati musim yang buruk pada 2018-2019. Selain gagal di Liga Champions, Real Madrid finis di posisi ketiga La Liga dengan jarak poin yang sangat besar dari Barcelona, yakni 19 poin.

Dalam dua laga terakhir, Real Madrid kalah 1-3 dari Real Sociedad dan dipermalukan Real Betis 0-2 di Santiago Bernabeu.

Menurut laporan Marca, Ramos sedang membuka peluang untuk hijrah. Manchester United dan Paris Saint-Germain telah menanyakan tentang situasinya. Tetapi, Ramos belum merespons.

Namun, situasi berubah menjelang akhir musim. Ramos pun menyatakan tidak tahu masa depannya di Real Madrid. 

Sergio Ramos melewatkan tujuh laga terakhir Real Madriddi La Liga karena cedera betis. Pada La Liga musim lalu, Ramos tampil dalam 28 pertandingan dan mencetak enam gol.

Sumber: Marca

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

221 Lembaga Mitra IZI Siap Optimalkan Pengelolaan Zakat di Ramadan

Posted: 24 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Potensi zakat yang mencapai Rp 217 triliun dengan serapan yang dikelola kisaran 2% menjadikan mayarakat bahkan negara melirik potensi dana umat ini untuk dapat dikelola secara maksimal, sehingga mewujudkan kemaslahatan umat.

Akan tetapi, tantangan hadir pasca diberlakukannya Undang-Undang Zakat Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Di mana hal ini mengharuskan semua lembaga kemasyarakatan yang ikut mengelola zakat harus mempunyai Izin operasional sebagai lembaga pengelola zakat.

Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (LAZNAS IZI) saat ini terus berupaya memaksimalkan potensi zakat. Salah satunya melalui sinergi pengelolaan zakat di lembaga kemasyarakatan yang kemudian disebut sebagai Mitra IZI.

Lembaga kemasyarakatan yang sejauh ini menjalin sinergi dengan IZI diantaranya, masjid, sekolah, yayasan-yayasan dakwah, perusahaan, dan komunitas-komunitas.

Menurut Manajer Mitra IZI, Muhammad Ardhani, memang yang paling ideal itu ketika sebuah lembaga itu punya potensi zakat dengan syarat-syaratnya terpenuhi.

Selain itu, lembaga itu mau mengelola potensi zakat dalam bentuk kelembagaan yang profesional, serta mendaftarkan izin menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ). Bisa LAZ Nasional, provinsi atau minimal LAZ Kabupaten atau Kota.

"Saat ini ada 221 lembaga di seluruh Indonesia yang tergabung dalam mitra IZI. Semakin ke sini, orang semakin sadar dengan potensi yang ada. Ketika jadi mitra IZI, kita mendorong mereka untuk tidak mengelola hanya di Ramadan saja," ujar dia.

Dia menambahkan, sekitar 50% yang awal mulanya mengelola di Ramadan, sekarang ketika menjadi mitra IZI semua dibimbing untuk dapat mengelolanya sepanjang tahun.

Ardhani juga menyampaikan, IZI menjadi rujukan pengelolaan zakat, infak, sedekah (ZIS) di masyarakat. Karena IZI punya sistem pengelolaan yang menunjang hal tersebut, aturan mainnya juga jelas dengan pendekatan pada regulasi UU dan audit syariah yang berlaku.

Sementara itu, yang membedakan antara MPZ (Mitra Pengelolaan Zakat) lain dengan MPZ (Mitra IZI) adalah adanya pendampingan selama masa kerja sama, di antaranya pendampingan perencanaan setelah penandatangan MoU baik perencanaan strategi penghimpunan, hingga penyusunan program kerja tahunan yang berbasiskan kepada asnaf dan pilar program.

"Kita pandu untuk menyusun RKA kelembagaan, rencana kerja anggaran lembaganya, sampai kita juga memberikan beberapa aplikasi penunjang, seperti halnya aplikasi input donasi atau e-donasi, kita juga membuatkan rekening atas nama mitra masing-masing," tambah Ardhani.

Sinergi mitra IZI tidak hanya menjadi payung hukum untuk para mitranya dalam mengelola zakat. Namun yang terpenting juga bagaimana mitra IZI dapat mengelola amanah umat secara profesional dan sesuai kaidah yang berlaku.

Hal tersebut juga dapat dituangkan melalui proses pendampingan yang terus berjalan. Untuk menunjang hal tersebut, selain training rutin IZI juga adakan rapat bulanan, rapat evaluasi kuartal, workshop Ramadan, dan rapat-rapat tahunan.

4 KPI yang ingin diwujudkan melalui sinergi Mitra IZI yaitu, lembaga mitra IZI dipercaya dalam pengelolaan zakatnya, kompiler terhadap regulasi UU dan kepatuhan syariah serta mengalami pertumbuhan penghimpunan dan pendayagunaan.

"Bismillah, mohon doanya, di Ramadan ini seluruh mitra IZI terus berupaya mengelola potensi umat melalui layanan pengelolaan zakat yang profesional, semoga melalui sinergi ini pengelolaan dana zakat terus meningkat dan mendatangkan kemaslahatan yang besar untuk masyarakat," tutup Muhammad Ardhani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembatasan Internet Dinilai Kekang Kebebasan Berekspresi di Indonesia

Posted: 24 May 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) meniai langkah pemerintah membatasi akses media sosial sebagai bentuk internet throttling atau pencekikan akses internet.

Hal ini berpotensi menjadi preseden buruk dalam menjamin hak kebebasan berekspresi di Indonesia.

Pembatasan internet ini merupakan salah satu bentuk internet shutdown, yang secara sengaja membatasi akses publik pada periode tertentu. Tujuannya, untuk mengekang kebebasan berekspresi.

Pemerintah menerapkan pembatasan media sosial terkait aksi demontrasi 22 Mei 2019. Sampai saat ini belum ada kejelasan batas waktu pembatasan tersebut.

SAFEnet pun menuntut pemerintah, untuk memastikan hak digital warganet Indonesia sebagai bagian dari hak asasi manusia tidak akan terancam dengan pemberlakukan pembatasan internet ini.

"Kami menuntuk pemerintah Indonesia untuk memastikan bahwa ke depannya langkah pembatasan internet bukan keputusan yang bisa semena-mena diterapkan dengan dasar 'demi keamanan negara' belaka, tanpa ada parameter yang jelas mengenai situasi darurat yang mendorong pemberlakukan pembatasan internet ini," ungkap SAFEnet dalam keterangan resminya, Sabtu (25/5/2019).

Pemerintah Harus Transparan

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Selain itu, SAFEnet juga meminta pemerintah untuk memberikan laporan transparan dan akuntabel atas keputusan pembatasan intenet ini kepada publik.

Hal ini termasuk dan tidak hanya terbatas pada alasan, parameter situasi darurat negara, dan dasar hukum.

"Namun juga beserta informasi akses dan wilayah yang dibatasi, durasi pembatasan internet, efektivitas pemberlakuannya, serta pengukuran dampak dari pemberlakuan pembatasan internet ini," sambung SAFEnet.

Pemerintah pun didorong untuk mencari langkah alternatif, sehingga dapat mencegah pemberlakukan pembatasan internet yang berdampak pada hak berkomunikasi dan kebebasan berekspresi Warga Negara Indonesia.

Kemudian, pemerintah juga harus mengusut dan menindak tegas pelaku penyebaran hoaks dan provokator ujaran kebencian, alih-alih membatasi perilaku warganet.

Untuk mengatasi penyebaran hoaks, pemerintah juga diimbau untuk bekerja sama dengan platform digital. Selain itu juga mengimbau masyarakat untuk tetap bijak dalam berinternet, dan tidak terprovokasi hoaks atau berbagai informasi yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

"Pemerintah harus meminta platform digital, seperti perusahaan penyedia media sosial, untuk lebih keras dan responsif dalam menangani potensi penyebaran hoaks yang disertai ujaran kebencian dan bermuatan politis," kata SAFEnet.

Ratusan Internet Shutdown

Menkopolhukam Wiranto bersama Mendagri Tjahjo Kumolo dan KSP Moeldoko memberi keterangan usai rapat koordinasi tentang keamanan pasca-pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (24/4). Wiranto menjelaskan Sejumlah isu seperti hoaks dan tuduhan yang berakibat pada delegitimasi KPU. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indonesia bukan yang pertama melakukan pembatasan internet. Menurut organisasi yang mengadvokasi hak digital di Asia Tenggara ini, ada 75 internet shutdown di seluruh dunia pada 2016.

Kemudian pada 2017, jumlahnya naik menjadi 108 dan meningkat menjadi 188 pada 2018. Mayoritas menggunakan alasan serupa dengan Indonesia, demi keamanan negara dan memperlambat penyebaran hoaks, meskipun efeknya dipertanyakan dan dampaknya, yang dinilai bahkan dapat memengaruhi kondisi ekonomi negara.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Rabu siang (22/5/2019), banyak warganet mengeluh tidak bisa mengakses beberapa media sosial dan aplikasi chatting, termasuk Instagram dan WhatsApp, seperti biasanya.

Tak lama kemudian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, mengatakan beberapa akses layanan internet dinonaktifkan untuk sementara, terutama layanan untuk pengiriman dan pengunduhan foto atau video lewat aplikasi chatting, seperti WhatsApp. Alasannya, untuk menghindari penyebaran berita bohong atau hoaks demi keamanan nasional.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara yang turut hadir menyebutkan pembatasan ini bersifat sementara dan bertahap, serta dilakukan oleh lima provider telekomunikasi atas permintaan pemerintah.

Dasar pembatasan akses internet ini, menurut Rudiantara, sudah sesuai dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

(Din/Jek)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Betah di Juventus, Dybala Tolak Inter Milan

Posted: 24 May 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Bintang Juventus, Paulo Dybala menepis isu akan pindah ke Inter Milan. Dia memastikan ingin bertahan di Juventus karena masih betah bermain disana. 

Rumor tentang masa depan Dybala di Juventus menyeruk akibat komentar saudara laki-lakinya, Gustavo. Sang saudara mengatakan Dybala tak bahagia di Juventus, sehingga ingin perubahan dengan mencari tantangan baru.  

Selain dihubungkan dengan Inter Milan, Paulo Dybala juga dikaitkan dengan klub luar Italia, antara lain Manchester United dan Atletico Madrid. 

"Saudara saya berbicara atas namanya sendiri. Saya sudah bicara dengan Fabio Paratici (Direktur Olahraga Juventus). Dia tahu apa yang saya pikirkan. Saya ingin bertahan di Juventus," kata Dybala, seperti dilansir Football Italia, Sabtu (25/5/2019). 

"Masa depan di sini tak tergantung saya. Klub akan membuat keputusan berdasarkan ide dari pelatih baru. Tapi, saya ingin melanjutkan karier bersama Juventus," imbuh pemain asal Argentina tersebut. 

Nasib Dybala masih tak menentu karena Juventus belum juga menunjuk pelatih baru pengganti Massimiliano Allegri. Keputusan akan sangat tergantung pada pelatih baru nanti.

"Kami tak tahu siapa pelatih barunya, semoga seseorang yang hebat sehingga kami bisa memenangi segalanya. Kami berterima kasih kepada Max Allegri. Kami sangat bersyukur atas apa yang dilakukannya," imbuh Paulo Dybala

 

Kriteria Pelatih

Dybala punya kriteria pelatih baru yang ingin dilihatnya menjadi nakhoda Juventus pada musim depan.

"Hal terpenting adalah menang, kemudian tentu saja fans ingin melihat sepak bola indah. Di sana banyak pelatih yang tahu bagaimana melakukannya. Keputusan ada di tangan klub," kata Dybala. 

Saat ditanya secara khusus apakah ingin pergi ke Inter Milan, Paulo Dybala menjawab dengan diplomatis. 

"Saya punya respek besar terhadap jersey ini dan juga fans Juventus. Jadi, saya tak ingin berbicara tentang klub lain," imbuh Dybala. 

 Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewat Golf Hingga Sumo, Donald Trump Jalin Hubungan Erat dengan PM Jepang

Posted: 24 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan kunjungan ke Jepang pada Sabtu, 25 Mei 2019. Perjalanan dinasnya direncanakan berlangsung selama empat hari.

Agenda utama kegiatan ini sebetulnya adalah pertemuannya dengan Kaisar baru Jepang Naruhito yang naik takhta pada awal bulan lalu.

"Dengan semua negara di dunia, saya adalah tamu kehormatan di acara terbesar dari apa yang telah mereka adakan dalam lebih dari 200 tahun," kata sang presiden nyentrik sebelum berangkat ke Tokyo, melansir Channel News Asia pada Sabtu (25/5/2019).

 

Namun ternyata, ada hal menarik yang terjadi dalam kunjungan diplomatik itu. Trump diketahui bertemu dengan Shinzo Abe, di mana keduanya terlihat layaknya sahabat karib satu sama lain.

Pejabat Jepang dan Amerika Serikat memuji hubungan Trump dengan "teman golf"-nya, Shinzo Abe. Tidak hanya itu, presiden Negeri Paman Sam juga akan menghadiri turnamen sumo pada Minggu, 26 Mei 2019. Ia digadang-gadang akan menyerahkan trofi kejuaraan olahraga musim panas yang disebut "basho".

Trump dan Abe akan bermain golf sebelum bertandang ke acara sumo tersebut. Keduanya kemudian akan berkunjung ke sebuah restoran di Distrik Roppingi Tokyo, yang akan disambut dengan hidangan daging sapi sirloin seharga 5.184 yen (Rp 682.000) untuk dua orang.

Adapun kehadiran Presiden Amerika Serikat dalam kejuaraan gulat tradisional Jepang telah dilengkapi dengan keamanan dan protokol khusus, begitu pula logistik yang disiapkan. Semuanya diatur dengan rapi, mulai dari di mana ia duduk hingga bagaimana ia harus dilindungi jika kerumunan mulai melempar bantal - sebagaimana tradisi jika sang juara (yokozuna) jatuh.

Sering Bertemu

Presiden AS, Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbincang selama pertemuan mereka di Resor Mar-a-Lago, Florida, Selasa (17/4). Pertemuan untuk mencari pemahaman bersama mengenai masalah nuklir Korea Utara. (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Untuk diketahui, PM Jepang Shinzo Abe baru-baru ini baru saja kembali dari Washington. Adapun kunjungan Trump ke Jepang selanjutnya akan terjadi lebih dari sebulan lagi, untuk KTT para pemimpin G20 di kota barat Osaka.

"Tiga kunjungan di kedua arah dalam waktu singkat benar-benar menunjukkan seberapa dekat hubungan itu," kata seorang pejabat senior administrasi Trump, yang meminta untuk tidak diidentifikasi.

Seorang diplomat Jepang mengatakan frekuensi kontak "menunjukkan tingkat hubungan pribadi yang erat, yang belum pernah terjadi sebelumnya antara para pemimpin Jepang dan AS".

Menurut informasi yang beredar, kunjungan kali ini terbatas pada pertemuan bilateral pendek, makan siang pada hari Senin, kemudian keduanya akan menemui media secara singkat.

Kabar Agenda Lain Pertemuan

Presiden AS, Donald Trump didampingi Ibu Negara, Melania Trump berjalan bersama Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan istrinya Akie Abe untuk jamuan makan malam dalam pertemuan di Resor Mar-a-Lago, Florida, Selasa (17/4). (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Meskipun kunjungannya singkat, baik Trump dan Abe juga akan bertemu keluarga dari orang-orang yang diculik oleh Korea Utara selama Perang Dingin. Hal itu dilaporkan oleh Channel News Asia dalam rangka "melatih mata-mata Pyongyang".

Trump juga akan menangani pasukan di pangkalan AS di Jepang, menyoroti aliansi militer antara Jepang-AS pada saat ketegangan meningkat dengan Korea Utara setelah kegagalan KTT Hanoi pada Februari.

Sementara itu, Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer diperkirakan akan mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Jepang di sela-sela kunjungan. Namun keduanya disinyalir cenderung akan menghindari konsesi, mengingat Abe akan menghadapi pemilihan majelis tinggi dalam beberapa bulan mendatang dan Trump tengah mengahadapi permasalahan perang dagang dengan China.

Beberapa pengamat menduga Abe meluncurkan karpet merah untuk mencitrakan Jepang sebagai negara paling menguntungkan di antara negara-negara yang saat ini terlibat dalam sengketa perdagangan dengan Washington.

"Strategi Jepang adalah melanjutkan negosiasi dengan sikap tenang," berbeda dengan pembalasan tarif yang agresif antara AS dan Cina, Shujiro Urata, pakar perdagangan dan profesor di Universitas Waseda Tokyo, mengatakan kepada AFP.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Diet, Tetap Sehat Saat Ramadan

Posted: 24 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menu buka puasa yang cocok untuk diet adalah pilihan yang tepat bagi ornag yang sedang dalam misi pennurunan berat badan. Memiliki berat badan ideal adalah dambaan banyak orang. Banyak cara dilakukan untuk dapat menurunkan berat badan ke angka ideal.

Saat berpuasa, pola makan akan berubah. Karena harus menahan lapar lebih dari 12 jam, dibutuhkan asupan kalori yang cukup agar tubuh tidak lemas. Konsumsi kalori dianggap mampu menaikkan berat badan dan mengacaukan program diet. Meski begitu, kamu tetap dapat berdiet saat puasa. Caranya dengan mengatur menu buka puasa yang cocok untuk diet.

Dengan mengetahui apa saja menu buka puasa yang cocok untuk diet, kamu tak perlu khawatir lagi akan penambahan berat badan saat puasa. Menu buka puasa yang cocok untuk diet juga dapat divariasikan setiap harinya agar tak bosan. Menu buka puasa yang cocok untuk diet ini merupakan menu makanan sehat yang sudah terbukti perannya dalam menurunkan berat badan.

Nah, jika kamu ingin tetap berdiet saat bulan Ramadan, menu buka puasa yang cocok untuk diet wajib kamu ketahui. Berikut pilihan menu buka puasa yang cocok untuk diet yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2019).

Kentang rebus

Manfaat Kentang Rebus (Sumber: Pixabay)

Kentang rebus cocok menjadi menu buka puasa yang cocok untuk diet. Kentang rebus memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan sempurna baik untuk menurunkan berat badan atau kesehatan yang optimal.

Kentang mengandung beragam nutrisi yang kamu butuhkan. Kentang sangat tinggi kalium, nutrisi yang memainkan peran penting dalam kontrol tekanan darah.

Dilansir dari Healthline, pada skala yang disebut Satiety Index, yang mengukur bagaimana tingkat penghasil rasa kenyang, kentang rebus mendapat nilai tertinggi dari semua makanan yang diuji. Artinya, dengan mengonsumsi kentang rebus, kamu secara alami akan merasa kenyang dan makan lebih sedikit.

Jika Anda membiarkan kentang mendingin sebentar setelah mendidih, mereka akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

Sup

Ilustrasi sup brokoli./Copyright shutterstock.com

Makanan dengan kepadatan energi rendah cenderung membuat orang makan lebih sedikit kalori. Sebagian besar makanan dengan kepadatan energi rendah adalah makanan yang mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan. Tapi kamu juga bisa menambahkan air ke makanan dengan membuat sup.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan padat yang diubah menjadi sup, membuat orang merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori secara signifikan. Untuk berbuka, kamu dapat membuat sup jagung, sup tomat, sup kentang, atau sup ayam.

Pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak lemak ke sup, seperti krim atau santan, karena ini dapat secara signifikan meningkatkan kandungan kalorinya.

Alpukat

Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Alpukat adalah buah yang unik. Sementara sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat tinggi, alpukat sarat dengan lemak sehat. Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun.

Meskipun sebagian besar terdiri dari lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi. Terlebih lagi, alpukat merupakan tambahan yang sempurna untuk salad sayuran, karena penelitian menunjukkan bahwa kandungan lemaknya dapat meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 hingga 15 kali lipat. Alpukat juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan kalium.

Kamu bisa berbuka dengan alpukat segar. Pilihan lain, campurkan pada salad buah atau makan bersama roti gandum.

Telur Utuh

Ilustrasi (iStock)

Meskipun asupan telur yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL pada beberapa orang, telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika kamu perlu menurunkan berat badan. Mereka tinggi protein dan lemak, dan sangat mengenyangkan. Agar lebih sehat, kamu bisa menyatap telur yang direbus.

Satu studi pada 30 wanita yang kelebihan berat badan menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan,meningkatkan perasaan kenyang dan membuat partisipan makan lebih sedikit selama 36 jam berikutnya.

Telur juga padat nutrisi dan dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan dalam diet terbatas kalori. Menariknya, hampir semua nutrisi ditemukan dalam kuning telur.

Sayuran hijau

Otak Lebih Sehat dengan Konsumsi Sayuran Hijau (Strelka/Shutterstock)

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, sawi dan beberapa lainnya. Mereka memiliki beberapa sifat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan, seperti rendah kalori dan karbohidrat dan sarat dengan serat. Kamu bisa mengolah sayuran hijau menjadi salad untuk berbuka atau ditumis untuk menu makan besar.

Mengonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan, tanpa menambah kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi vitamin, antioksidan dan mineral, termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

Salmon dan tuna

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan sangat memuaskan, membuat Anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan berbagai nutrisi penting.

Salmon juga sarat dengan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolisme.

Tuna adalah makanan rendah kalori dan lemak, namun tinggi protein. Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang giat, karena ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak tetap rendah.

Full-Fat Yogurt

Yogurt / Sumber: iStockphoto

Jenis yogurt tertentu mengandung bakteri probiotik yang dapat meningkatkan fungsi usus. Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap peradangan dan resistensi leptin, yang merupakan salah satu pendorong hormon utama obesitas.

Pastikan kamu memilih yogurt dengan kultur aktif, karena jenis yogurt lainnya tidak mengandung probiotik. Juga, pertimbangkan untuk memilih yogurt penuh lemak atau full-fat.

Studi menunjukkan bahwa susu penuh lemak dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu. Yoghurt rendah lemak biasanya sarat dengan gula, jadi yang terbaik adalah menghindarinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Wisuda Putri Ridwan Kamil Memukau Warganet

Posted: 24 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sedang semringah pada Ramadan ini. Tepat pada Rabu, 22 Mei 2019, putri keduanya, Camillia Laetitia Azzahra baru saja merayakan kelulusannya di bangku Sekolah Menangah Pertama (SMP).

Gadis yang biasa dipanggil Zara itu baru saja menyelesaikan pendidikannya di Darul Hikam Internasional School (DHIS), Bandung.

[bacajuga:Baca Juga](/3954699 3973982 3974496)   

Di hari kelulusannya ini, Zara taerlihat didampingi kedua orangtuanya Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. Ridwan Kamil mengunggah foto-foto momen wisuda putrinya di akun Instagramnya, Kamis, 23 Mei 2019.

"…Zara Sudah lulus SMP sekarang dan tingginya sudah sedikit melebihi mamahnya. Semoga engkau selalu menjadi insan yang sholehah, penuh kasih sayang dan menjadi manusia khair penuh manfaat untuk umat dan masyarakat. Aamiin," tulis pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Di hari wisudanya, Zara terlihat cantik dan memesona mengenakan busana berwarna hitam, senada dengan pakaian yang dikenakan orangtuanya. Ia juga memakai hijab berwarna cokelat muda.

Sedangkan Kang Emil memakai jas, dasi dan peci hitam serta kemeja putih. Sementara, sang istri mengenakan gaun hitam dan blazer berwarna salem dan hijab bermotif dengan warna-warna kalem.

Kembaran sang Ibu

Ridwan Kamil dan keluarga. (dok.Instagram @ridwankamil/https://www.instagram.com/p/BxyuSMwgyoZ/Henry

Rupanya penampilan Zara di hari itu menyita perhatian warganet yang memuji kecantikannya.

Selain sudah tumbuh menjadi gadis remaja, wajah Zara disebut bak kembaran sang ibundanya. Sekilas, kita sulit membedakan keduanya.

"Aku kira bu cinta ada 2 :((((,'" tulis pemilik akun Instagram @trisha_aljauza. Bu Cinta adalah panggilan mesra Kang Emil untuk istrinya.

"Pak, daftar jadi menantu gimana caranya? Bawa martabak manis atau asin?" tulis akun @akbaryudhanto. "PAK UDAH ADA CALON NYA BELUM? SYARATNYA APA AJA? PERLU SKCK ENGGA?" tanya pemilik akun @yaudahdonn tentang putri Kang Emil.

Saksikan video pilihan di bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Kreatif Ubah Tato Mantan di Badan

Posted: 24 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu bukti cinta yang paling sering dilakukan orang ialah dengan mengukir nama atau wajah kekasih pada tubuhnya dengan tato. Namun bagaimana bila hubungan itu berakhir? Haruskah melihat wajahnya terus-terusan di tubuh kita?

Artikel tentang cara unik mengubah tato mantan menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan driver-driver ojek online yang berani menantang maut ke lokasi kerusuhan.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang warga yang dapat untung dengan membuka wc umum di lokasi kerusuhan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Kreatif Banget, Begini Cara Orang Ubah Tato Wajah Pacar Usai Putus

foto: boredpanda

Ada banyak orang yang rela melakukan apapun untuk membuktikan cintanya kepada kekasih. Salah satu bukti cinta yang paling sering dilakukan orang ialah dengan mengukir nama atau wajah kekasih pada tubuhnya dengan tato.

Sayangnya ketika hubungan berakhir nampaknya tato-tato tersebut hanya akan mengingatkan kalian dengan kenangan akan sang mantan ya. Terlebih jika hubungan berakhir dengan tak baik, tentu sangat menjengkelkan melihat foto atau nama mantan setiap hari bukan?

Selengkapnya...

2. Bikin Kagum, Aksi 4 Driver Ojek Online Layani Order Saat Demo 22 Mei

Doc: Twitter.com/@_IncognitoBlack

Aksi demo 22 Mei menjadi salah satu momen Ramadan mencekam dalam sejarah Indonesia. Kerusuhan yang terjadi di beberapa tempat, sempat membuat warga ketakutan.

Menariknya, pada saat suasana memanas pun beberapa pengemudi ojek online dengan berani mengambil order di daerah sekitar tempat kerusuhan terjadi. Hal tersebut terekam dalam beberapa foto seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Selengkapnya...

3. Pria Ini Dapat Untung Rp 3 Juta Buka WC Umum Saat Aksi Demo 22 Mei

Doc: Facebook

Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak pandai mencari keuntungan dalam kondisi apapun. Siapa sangka, kerusuhan terjadi pada tanggal 22 Mei lalu, beberapa orang masih sempatnya mencari rezeki dari suasana yang ricuh tersebut.

Menariknya, ada juga pelaku usaha WC umum yang mendapat keuntungan dari aksi tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh akun Facebook Jujun Kapal Api Filter, ia memanfaatkan momen demo tersebut dengan membuka usaha WC umum.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pasca-Aksi 22 Mei, Aktivitas Pasar Tanah Abang Kembali Menggeliat

Posted: 24 May 2019 09:30 PM PDT

Pedagang melayani pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Sebelumnya, saat terjadi Aksi 22 Mei 2019, pusat perbelanjaan ditutup sehingga tidak ada kegiatan perdagangan maupun akses transportasi di kawasan ini. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pedagang melayani pembeli di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Sebelumnya, saat terjadi Aksi 22 Mei 2019, pusat perbelanjaan ditutup sehingga tidak ada kegiatan perdagangan maupun akses transportasi di kawasan ini. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja membawa barang dagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Pasca Aksi 22 Mei 2019, para pedagang mengalami kerugian karena perputaran uang di Tanah Abang mencapai Rp 200 miliar per hari. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pekerja membawa barang dagangan di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Pasca Aksi 22 Mei 2019, para pedagang mengalami kerugian karena perputaran uang di Tanah Abang mencapai Rp 200 miliar per hari. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah karung terlihat di lobi Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Pasca Aksi 22 Mei 2019 kawasan pasar Tanah Abang mulai kembali normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sejumlah karung terlihat di lobi Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Pasca Aksi 22 Mei 2019 kawasan pasar Tanah Abang mulai kembali normal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang wanita menunggui di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Sebelumnya, saat terjadi Aksi 22 Mei 2019, pusat perbelanjaan ditutup sehingga tidak ada kegiatan perdagangan maupun akses transportasi di kawasan ini. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang wanita menunggui di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Sebelumnya, saat terjadi Aksi 22 Mei 2019, pusat perbelanjaan ditutup sehingga tidak ada kegiatan perdagangan maupun akses transportasi di kawasan ini. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang pria membawa belanjaannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Pasca Aksi 22 Mei 2019, para pedagang mengalami kerugian karena perputaran uang di Tanah Abang mencapai Rp 200 miliar per hari. (merdeka.com/Imam Buhori)

Seorang pria membawa belanjaannya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (25/5/2019). Pasca Aksi 22 Mei 2019, para pedagang mengalami kerugian karena perputaran uang di Tanah Abang mencapai Rp 200 miliar per hari. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jeje S4 Masih Memandu Acara Sebelum Meninggal

Posted: 24 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka kembali singgah di dunia hiburan Tanah Air. Salah satu personel boyband S4, Jefri Haris Gurusinga atau Jeje, meninggal dunia pada Jumat (24/5/2019).

Beberapa hari sebelum meninggal dunia, Jeje diketahui masih aktif membawakan acara di sebuah stasiun televisi. Kala itu kondisinya terlihat baik-baik saja.

Jeje bahkan sempat memperlihatkan aktivitasnya tersebut di Instagram pribadinya. Momen itu terjadi pada 10 Mei 2019.

"My partner @fannyghassani on @officialmnctv ! #kuis #XL @myxl @xlprioritas #fillers #tvprogram saksikan kami di infomercial berikutnya," tulisnya. 

 

Radang Otak

[Foto: Instagram Jeje]

Kabar menyedihkan ini diketahui pertama kali melalui akun Facebook resmi boyband S4. Jeje meninggal dunia karena menderita sakit radang otak.

"Innalillahi wainnaillahi rojiun, Jefri Haris Gurusinga atau yang biasa kita kenal dengan nama Jeje telah meninggal dunia karena sakit radang otak yang diderita nya," tulis akun tersebut.

Jeje aktif di industri musik Tanah Air sejak 2012. Ia tergabung dalam boyband S4 bersama Alif, Arthur, dan juga Firly.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Daftar Sejumlah Jalan yang Masih Ditutup Pascakerusuhan 22 Mei

Posted: 24 May 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Akses jalan menuju Istana Merdeka, Mahkamah Konstitusi, dan sejumlah gedung kementerian di Jalan Medan Merdeka Barat pada Sabtu masih steril dari aktivitas masyarakat usai aksi 22 Mei 2019.

Jalan ditutup dari depan Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata hingga arah menuju Istana Merdeka.

Dari jembatan penyeberangan orang dekat Kementerian Pariwisata, tepatnya di belakang Patung Kuda Arjunawijaya, kawat berduri, blok-blok semen, tameng, dan beberapa mobil milik Korps Brigade Mobil (Brimob) terpakir membujur menghalangi pengendara atau pejalan kaki melintasi Jalan Medan Merdeka Barat.

Selain Jalan Medan Merdeka Barat, akses menuju Jalan Majapahit dan beberapa ruas jalan kecil dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Medan Merdeka Barat juga masih tertutup untuk pengendara dan pejalan kaki.

Walaupun demikian, ruas jalan tersebut masih dapat diakses oleh beberapa petugas kebersihan, awak media, pedagang makanan ringan, dan petugas keamanan.

Pedagang dapat melintasi jalan dengan masuk dari celah kecil di bawah jembatan penyeberangan orang.

Sementara itu, akses masuk lain dapat melalui pintu RRI, Mahkamah Konstitusi, dan beberapa gedung kementerian dari Jalan Abdul Muis.

Dikutip dari Antara, sejak pukul 09.00 WIB, beberapa petugas kebersihan telah menyapu jalan dan mengumpulkan daun kering di tepian jalan.

Selagi petugas kebersihan, sebagian besar anggota kepolisian yang berjaga berbaring di atas trotoar, dan beberapa bersandar di tembok pembatas jalan Transjakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tunjuk 5 Firma Hukum Hadapi Gugatan Sengketa Pemilu di MK

Posted: 24 May 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku siap menghadapi gugatan sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) yang diajukan oleh pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno di Mahkamah Konstitusi (MK).

"KPU akan mempersiapkan sebaik-baiknya untuk menghadapi dalil dan alat bukti yang diajukan dalam persidangan MK," ujar Komisioner KPU Hasyim Asy'ari seperti dikutip Antara, Jumat (24/5/2019).

Hasyim mengatakan pihaknya menghormati para peserta pemilu yang menempuh jalur konstitusional dalam menyelesaikan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Melalui persidangan di MK, nantinya kedua belah pihak, baik pemohon PHPU maupun termohon PHPU dapat saling membuktikan pendapat-pendapat ataupun alat bukti yang diyakini kebenarannya.

"Pada prinsipnya PHPU di MK menganut pandangan 'barangsiapa mendalilkan, maka dia harus membuktikan'," ujar Hasyim.

KPU telah menunjuk 5 firma hukum untuk mendampingi dalam menjalani sidang PHPU di MK.

"KPU menyiapkan beberapa pengacara untuk menghadapi persidangan-persidangan ini. Kami pastikan pengacara berpengalaman yang mendampingi KPU pusat maupun daerah dalam persidangan PHPU pilpres maupun PHPU pilkada," ujar Hasyim.

Pembagian Tugas 5 Firma Hukum

Lima firma hukum yang ditunjuk KPU melalui pengadaan atau proses lelang Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) tersebut disebutnya memiliki pengalaman dalam membela KPU sebelumnya dan tidak membela penggugat.

Firma tersebut adalah AnP Law Firm yang akan menangani gugatan sengketa pilpres serta gugatan Golkar, PAN, PKP Indonesia, Berkarya, PAN; Master Hukum & Co menangani gugatan Pemilu DPD dan HICON Law & Policy Strategic menangani gugatan PDIP, PKB, PBB, Garuda dan Partai Daerah Aceh.

Selanjutnya Abshar Kartabrata & Rekan menangani gugatan Gerindra, PKS, Hanura, PSI, Partai Aceh serta Nurhadi Sigit & Rekan menangani gugatan Demokrat, NasDem, PPP, Perindo dan SIRA.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNS Diimbau Tak Terima Bingkisan Lebaran

Posted: 24 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), agar menghindari perbuatan yang mengarah tindakan gratifikasi seperti menerima uang, bingkisan, fasilitas dan bentuk pemberian lainnya yang berhubungan dengan jabatan dan bertentangan dengan kewajiban atau tugasnya.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menjelaskan, PNS seharusnya menghindari praktik gratifikasi yang biasanya banyak terjadi saat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"PNS juga diminta untuk tidak melakukan permintaan dana, sumbangan atau hadiah sebagai Tunjangan Hari Raya (THR), baik secara individu maupun mengatasnamakan institusi negara atau daerah kepada masyarakat dan perusahaan, baik secara tertulis maupun tidak tertulis," kata Bima, di Jakarta, Sabtu (25/4/2019).

Selain bentuk tindakan gratifikasi, PNS juga dilarang menggunakan fasilitas negara, seperti memanfaatkan kendaraan dinas dengan nomor plat merah untuk kegiatan pribadi, misalnya mudik Lebaran.

Perlu diketahui bahwa PNS yang terlibat dengan tindakan gratifikasi dan pengunaan fasilitas negara adalah bentuk pelanggaran terhadap peraturan, berimplikasi pada tindak pidana korupsi, dan memiliki risiko sanksi pidana.

Bagi PNS maupun Penyelenggara Negara yang menerima gratifikasi wajib melaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam jangka waktu 30 hari kerja, sejak tanggal penerimaan gratifikasi sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Selengkapnya untuk pelaporan gratifikasi dapat disampaikan kepada Unit Pengendali Gratifikasi atau Inspektorat di Instansi masing-masing. Selanjutnya UPG atau Inspektorat melaporkan rekapitulasi penerimaan gratifikasi kepada KPK.

 

 

Masyarakat Bisa Laporkan

Pedagang merapikan parsel dagangannya yang dijual di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (6/6). Menjelang Hari Raya Idul Fitri, penjualan parsel para pedagang dadakan tersebut meningkat hingga 50 persen. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Masyarakat juga dapat melaporkan secara langsung kepada KPK di pelaporan.gratifikasi@kpk.go.id atau lewat aplikasi Pelaporan Gratifikasi Online (GOL) pada tautan https://gol.kpk.go.id," tuturnya.

Imbauan ini disampaikan melalui Surat Edaran Kepala BKN Nomor K26-30/V 71-2/99 tanggal 23 Mei 2019 perihal Pencegahan Gratifikasi dan Benturan Kepentingan terkait Hari Raya Keagamaan sekaligus menindaklanjuti Surat KPK Nomor B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019 tanggal 08 Mei 2019.

"Dalam Surat KPK tersebut juga disampaikan, penerimaan gratifikasi berupa bingkisan makanan yang mudah rusak atau kadaluarsa dapat disalurkan sebagai bantuan sosial ke panti asuhan, panti jompo, atau pihak yang membutuhkan," tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Sepatu Emas Eropa Lagi, Messi Cetak Rekor Baru

Posted: 24 May 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Bintang Barcelona, Lionel Messi, berhasil merebut Sepatu Emas Eropa lagi, sebagai penghargaan untuk pemain dengan gol terbanyak di liga-liga top Eropa. Pria Argentina itu membuat 36 gol sepanjang 34 pertandingan La Liga musim ini.

Lionel Messi unggul tiga gol atas bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, yang mencetak 33 gol. Mbappe punya kans mengejar saat menjalani laga terakhir League 1 kontra Reims, Sabtu (25/5/2019) dini hari WIB. 

Syaratnya, dia harus mencetak lima gol untuk mengungguli Messi. Sayangnya Mbappe hanya melesakkan satu gol dan PSG kalah 1-3 pada laga tersebut. 

Seperti dilansir Marca, torehan Sepatu Emas Eropa musim 2018-2019 tersebut juga membuat Messi mengukir rekor baru. Dia menjadi satu-satunya pemain yang bisa memenangi penghargaan tersebut dalam tiga tahun beruntun.

Kemenangan Lionel Messi ini juga mengukuhkan La Liga sebagai penghasil peraih Sepatu Emas Eropa produktif. Dalam 11 tahun terakhir, pemenang penghargaan ini selalu berasal dari La Liga, meskipun Cristiano Ronaldo dan Luis Suarez berbagi gelar tersebut pada 2014.  

Cristiano Ronaldo menjadi pemain terakhir yang bermain di luar La Liga dan berhasil menenangi Sepatu Emas Eropa. Saat itu, dia mencerak 31 gol di Premier League 2007-2008 bersama Manchester United. Pemain asal Portugal itu telah mengantongi empat Sepatu Emas. 

Sementara itu, Lionel Messi menjadi pemain tertua kedua yang meraih penghargaan ini pada usia 31 tahun, 11 bulan, dan 25 hari. Hugo Sanchez yang memegang rekor kategori ini. Dia lebih tua 1 bulan dan 1 hari dibanding Messi saat menyabet penghargaan Sepatu Emas Eropa pada 1990. 

 

 

Masih Dihantui Liverpool

Meskipun membukukan pencapaian luar bisa, Messi mengakui kegagalan Barcelona di Liga Champions saat disingkirkan Liverpool di semifinal masih menghantuinya. 

Pada semifinal tersebut, Barcelona sudah menang 3-0 pada leg pertama di Camp Nou. Namun, kans ke final yang sudah di depan mata melayang setelah La Blaugrana keok 0-4 di Anfield.  

"Saya tak memikirkannya (Sepatu Emas)," kata Messi, Jumat (24/5/2019). 

"Saya tak memikirkan penghargaan ini di kepala saya. Kami masih terluka akibat kekalahan dari Liverpool, setidaknya saya. Saya tak berpikir tentang diri sendiri," tegas Messi. 

 

 Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cepat Atau Lambat, Lampard Akan Latih Chelsea

Posted: 24 May 2019 09:15 PM PDT

Jakarta Eks bek Chelsea, Glen Johnson, mendukung gagasan Frank Lampard jadi manajer The Blues. Ia yakin, cepat atau lambat hal itu akan terjadi.

Lampard menunjukkan performa yang positif bersama Derby County. Ia berpeluang mengantarkan klub tersebut tampil di Premier League pada musim mendatang.

Hal itu membuat manajemen Chelsea tergoda untuk membawa pulang Lampard ke Stamford Bridge. Saat ini, Chelsea disebut akan memecat Maurizio Sarri. pada akhir musim 2018-19.

Johnson yang pernah menjadi rekan Lampard di West Ham United, Chelsea dan timnas Inggris menyatakan dukungannya. Menurutnya, Lampard adalah sosok yang mengerti luar dalam Chelsea.

"Saya rasa, Frank Lampard akan menjadi manajer Chelsea suatu hari nanti. Mungkin hal itu akan terealisasi pada waktu dekat," ujar Johnson.

"Apakah ia bisa melakukan hal tersebut? Mungkin sekarang masih terlalu dini, namun saya yakin ia akan menjadi manajer yang sukses jika sudah merasakan banyak pengalaman."

"Saya sendiri berpendapat kalau masih terlalu dini untuknya menangani Chelsea. Namun, itu adalah fakta yang sangat menarik."

"Saya ingin agar ia kembali ke Chelsea. Ia bisa menjadi manajer yang hebat. Lampard adalah ikon klub. Ia akan menjadikan klub tersebut menghadapi berbagai masalah. Ia bisa memaksimalkan hasil didikan akademi," ungkap mantan pemain Chelsea tersebut.

Resistensi Suporter

Selebrasi kemenangan Frank Lampard bersama para suporter Chelsea setelah mengalahkan Bayern Munchen di Final Liga Champions (19/2/2012). (EPA/Marc Mueller)

Rencana Chelsea untuk mendatangkan Frank Lampard tidak melulu mendapat sambutan positif dari suporter Chelsea. Menurut mereka, Lampard masih belum cukup pengalaman untuk menangani The Blues.

Suporter menyamakan Lampard dengan Ole Gunnar Solskjaer. Mereka tidak ingin manajemen terjebat nostalgia semata.

Karena itu, suporter Chelsea meminta manajemen untuk benar-benar mempertimbangkan manajer baru yang pantas, jika memutuskan untuk memecat Maurizio Sarri.

Sumber: Metro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perdana Menteri Inggris Theresa May Menangis Saat Umumkan Mundur

Posted: 24 May 2019 09:15 PM PDT

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya di pusat kota London, Jumat (24/5/2019). Pengunduran PM Theresa May ini setelah tiga kali proposal Brexit-nya ditolak parlemen. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya di pusat kota London, Jumat (24/5/2019). Pengunduran PM Theresa May ini setelah tiga kali proposal Brexit-nya ditolak parlemen. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya di pusat kota London, Jumat (24/5/2019). Theresa May banyak dikritik karena gagal mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa. (AFP Photo/Tolga Akmen)

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya di pusat kota London, Jumat (24/5/2019). Theresa May banyak dikritik karena gagal mengeluarkan Inggris dari Uni Eropa. (AFP Photo/Tolga Akmen)

Perdana Menteri Inggris Theresa May menangis saat mengumumkan pengunduran dirinya di luar 10 Downing street di pusat London (24/5/2019). Theresa May mengumumkan dirinya akan mundur pada 7 Juni mendatang. (AFP Photo/Tolga Akmen)

Perdana Menteri Inggris Theresa May menangis saat mengumumkan pengunduran dirinya di luar 10 Downing street di pusat London (24/5/2019). Theresa May mengumumkan dirinya akan mundur pada 7 Juni mendatang. (AFP Photo/Tolga Akmen)

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya di pusat kota London, Jumat (24/5/2019). Pengunduran PM Theresa May ini setelah tiga kali proposal Brexit-nya ditolak parlemen. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengumumkan pengunduran dirinya di pusat kota London, Jumat (24/5/2019). Pengunduran PM Theresa May ini setelah tiga kali proposal Brexit-nya ditolak parlemen. (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Perdana Menteri Inggris Theresa May menangis saat mengumumkan pengunduran dirinya di luar 10 Downing street di pusat London (24/5/2019). Theresa May mengumumkan dirinya akan mundur pada 7 Juni mendatang. (AFP Photo/Tolga Akmen)

Perdana Menteri Inggris Theresa May menangis saat mengumumkan pengunduran dirinya di luar 10 Downing street di pusat London (24/5/2019). Theresa May mengumumkan dirinya akan mundur pada 7 Juni mendatang. (AFP Photo/Tolga Akmen)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Andri Syahputra, Wonderkid Piala Dunia U-20 Keturunan RI

Posted: 24 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Andri Syahputra akan bermain di Piala Dunia U-20. Pesepakbola kelahiran Aceh ini membela Timnas Qatar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pascakerusuhan 22 Mei, Depan Asrama Brimob Dipasang CCTV

Posted: 24 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satu unit Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas dipasang di depan Asrama Brimob, Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat.

Belum diketahui CCTV yang dipasang pascakericuhan 22 Mei 2019 itu milik siapa, apakah pemerintah DKI Jakarta atau pihak kepolisian setempat.

"Siang tadi dipasang setelah selesai shalat Jumat," kata warga setempat kepada Antara, Jumat malam seperti dikutip dari Antara, Sabtu (25/5/2019).

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta mengklaim memiliki ribuan CCTV yang masuk program Jakarta Smart City.

Program itu juga diklaim dapat mempermudah kinerja pemerintah agar cepat merespons keluhan warga.

Warga Jakarta dapat memantau jalanan dengan mengakses link smartcity.jakarta.go.id/maps dan membuka menu CCTV.

Situasi di Asrama Brimob Petamburan pascakericuhan massa sudah kembali normal. Para pedagang di sekitar Jalan KS Tubun pun sudah kembali berjualan.

Sementara aparat kepolisian masih berjaga-jaga di depan Asrama Brimob. Satu kendaraan Barakuda pun terparkir di sekitar lokasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sukses, SpaceX Luncurkan 60 Satelit Penyedia Internet dari Angkasa

Posted: 24 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Florida - SpaceX luncurkan sebuah roket yang membawa 60 satelit pertama konstelasi "Starlink". Tujuan proyek ini adalah penyediaan jaringan internet dari angkasa. Direncanakan jumlah satelit nantinya akan mencapai 12.000 buah.

Kamis 23 Maret 2019, perusahaan antariksa swasta SpaceX asal AS meluncurkan roketnya Falcon 9 yang membawa 60 dari seluruhnya 12.000 satelit yang akan ditempatkan di angkasa.

Roket diluncurkan tanpa insiden apapun di Cape Canaveral, Florida, sekitar pukul 22.30 malam waktu setempat.

Sejam setelahnya, seperti diberitakan DW Indonesia yang dikutip Sabtu (25/5/2019), roket mulai melepaskan satelit di ketinggian 450 km.

Satelit-satelit itu kemudian harus saling memisahkan diri dan menempatkan diri di posisi yang sudah ditentukan, yang tidak terlalu jauh dari Bumi, yaitu pada ketinggian 550 km.

Ini posisi yang lebih tinggi sedikit dari posisi Stasiun Ruang Angkasa Internasional, tetapi jauh lebih rendah daripada posisi sebagian besar satelit terestrial. Yang tertinggi berada sekitar 36.000 km dari Bumi.

Peluncuran yang Tertunda

Roket Falcon 9 lepas landas dari Space Launch Complex 40 di Florida's Cape Canaveral Air Force Station, Amerika Serikat, Kamis (23/5/2019). SpaceX meluncurkan satelit Starlink ke orbit setelah batal melakukannya pada minggu lalu lantaran gangguan angin kencang. (AP Foto John Raoux)

Peluncuran sebenarnya direncanakan pekan lalu, tetapi ditunda. Awalnya karena angin yang terlalu kuat, kemudian karena aktualisasi piranti lunak.

Perusahaan milik miliarder Elon Musk itu dianggap memimpin persaingan antar perusahaan angkasa swasta, terutama dalam hal peluncuran roket. SpaceX kini berusaha menguasai sebagian besar pasaran internet luar angkasa di masa depan.

Peluncuran ini akan jadi langkah awal, yang juga dilakukan perusahaan saingan OneWeb. OneWeb adalah sebuah perusahaan startup tetapi lebih maju daripada Project Kuiper milik Amazon, yang didukung saingan kuat Elon Musk, yakni Jeff Bezos.

Setiap satelit beratnya hanya 227 kg, dan dibuat di dalam ruangan di Redmond, dekat Seattle.

Starlink akan mulai beroperasi segera setelah 800 satelit diaktifkan, yang memerlukan belasan peluncuran berikutnya.

Menurut SpaceX, mereka membutuhkan sehari dua hari untuk menganalisa apakah semua satelit yang ditempatkan berfungsi dengan baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembatasan Aplikasi WhatsApp dan Instagram Sampai Kapan? Ini Fakta-Faktanya

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah membatasi akses aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial Facebook dan Instagram di wilayah tertentu di Indonesia. Pembatasan akses ini berupa fitur kirim foto dan video di media sosial atau medsos berlaku sejak 22 Mei 2019. Langkah ini dilakukan untuk menghindari provokasi dan penyebaran berita bohong (hoaks) di tengah aksi 22 Mei, agar tak mengundang kericuhan. 

Hingga saat ini sejumlah pengguna masih mengeluhkan pembatasan akses media sosial tersebut. Padahal aksi 22 Mei sudah berhenti pada Kamis (23/5/2019). Lalu, kapan pemerintah akan mencabut pembatasan akses dan fitur pada WhatsApp dan media sosial Facebook dan Instagram?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara belum menginformasikan secara detail kapan pemerintah akan mencabut pembatasan fitur pada aplikasi pesan dan media sosial. Ia hanya mengatakan fitur media sosial maupun aplikasi pesan instan akan kembali normal ketika situasi sudah kondusif.

"Kita sama-sama berdoa agar situasi segera pulih sehingga semua fitur media sosial maupun instant messaging (WhatsApp) bisa difungsikan kembali," kata Rudiantara Sabtu (25/5/2019).

Berikut fakta-fakta tentang pembatasan media sosial di Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (25/5/2019)

1. Pembatasan Akses di Kota-Kota Besar di Indonesia

Infografis Pembatasan Medsos dan Bahaya VPN Gratis. (Liputan6.com/Abdillah)

Keluhan mengenai errornya media sosial WhatsApp dan Instagram di sejumlah wilayah di Indonesia, terutama Jakarta, menarik perhatian banyak pihak.

Setelah dicek di situs web downdetector.com, gangguan terjadi di hampir seluruh kota besar di pulau Jawa, meliputi Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Surabaya, Pasuruan dan Malang. Jakarta menjadi kota terparah yang mengalami gangguan tersebut.

2. Melindungi Masyarakat dari Hoaks

Menkopolhukam Wiranto bersama Mendagri Tjahjo Kumolo dan KSP Moeldoko memberi keterangan usai rapat koordinasi tentang keamanan pasca-pemilu 2019 di Jakarta, Rabu (24/4). Wiranto menjelaskan Sejumlah isu seperti hoaks dan tuduhan yang berakibat pada delegitimasi KPU. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, membatasi akses media sosial di wilayah tertentu. Hal ini terkait dengan tindakan massa yang melakukan aksi kerusuhan pada 22 Mei 2019.

"Untuk menghindari provokasi dan berita bohong (hoaks), kami akan melakukan pembatasan akses media sosial. Sejumlah fitur di media sosial akan ditidakaktifkan untuk menjaga hal negatif yang terus disebarkan sejumlah masyarakat," kata Wiranto dalam jumpa pers di Gedung Kemenko Polhukam, Rabu (22/5/2019).

Di sisi lain, Wiranto mengatakan kalau negara tidak boleh kalah dengan aksi jahat semacam ini.

"Negara tidak boleh kalah dengan aksi jahat semacam ini. Negara harus melindungi segala bangsa, warga negara tumah darah Indonesisa," ucap Wiranto menambahkan.

3. Pedagang Online Merugi

Buat yang suka belanja di online shop, hati-hati dengan modus penipuan baru yang meminta cashback. (Ilustrasi: Pexels.com)

Akibat sulitnya mengakses Whatsapp dan media sosial Facebook dan Instagram, membuat pedangan online dan bisnis mengalami penurunan. Pedangan online yang memandaatkan media sosial untuk berjualan saat merasakan dampak mencekam dari pembatasan akses ini.

Dampak kerugian dari pembatas masyarakat mengakses media sosial atau jejaring aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dapat diperkirakan hingga ratusan miliar rupiah.

4. Solusi Agar Masyarakat Mendapatkan Informasi yang Akurat

Warga membaca Koran hari ini di Jakarta, Rabu (10/5). Vonis Hakim terhadap Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) kemarin membuat Sejumlah koran Nasional menjadikan berita Ahok halaman depan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Wiranto mengatakan, pemerintah ingin supaya masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat dan sebenar-benarnya. "Jangan sampai kita diadu domba sehingga persaudaraan di bulan suci Ramadan terpengaruh,".

Diharapkan masyarakat mengakses informasi dari media-media terpercaya atau melalui televisi untuk menghindari hoaks dari pihak tak bertanggungjawab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lolos ke Senayan, Giring Nidji Belum Punya Rencana Lain

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Giring Ganesha alias Giring Nidji akhirnya tak lolos maju sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Suara yang diberikan kepadanya tak cukup. Ditambah lagi, partai yang menyokongnya juga mendapatkan suara yang rendah.

Lantas, apakah Giring Nidji yang sebelumnya vakum menyanyi bakal kembali ke dunia hiburan? Giring pun menyatakan masih memikirkan masak-masak langkah selanjutnya.

"Saya masih bingung dan masih nyari-nyari. Belum tahu (nyanyi lagi) apa enggak," kata Giring Nidji di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Giring mengaku perolehan suaranya di luar perkiraan. Semula ia yakin lolos, namun ternyata perjuangannya tak membuahkan hasil.

Tak Punya Plan B

Giring Ganesha Djumaryo saat sesi foto serta wawancara dengan Liputan6.com dan Merdeka.com, Jakarta, Kamis (19/4). Namun, setelah 15 tahun berkarya bersama Nidji, Giring memutuskan untuk vakum dan terjun ke kancah politik. (Liputan6.com/Johan Tallo)

"Sebenarnya saya enggak punya plan B. Karena yakin banget masuk," ujar dia.

Karena itulah, dalam waktu dekat ia menenangkan diri terlebih dahulu.

"Mau liburan dulu ke Bali," celetuk Giring.

Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi: Penampilan Barcelona di Anfield Menyedihkan

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kembali buka suara terkait kegagalan Barcelona lolos ke final Liga Champions 2018-19. Padahal, satu kaki raksasa Catalan itu sudah berada di partai puncak.

Bertandang ke Anfield, 8 Mei lalu, Lionel Messi dan kawan-kawan bermodalkan kemenangan 3-0 atas Liverpool di leg pertama. Tetapi, Liverpool mampu membalas kekalahan itu dan membantai Barcelona dengan skor 4-0. The Reds ke final dengan agregat 4-3.

Kekalahan itu membuat pelatih Barcelona Ernesto Valvede dihujani kritik. Tapi, Lionel Messi menegaskan pemain yang patut disalahkan atas hasil tersebut.

"Penampilan kami menyedihkan, kami memberi kesan buruk. Ini adalah tahun kedua berturut-turut kami hampir mencapai final Liga Champions," kata permain berjuluk La Pulga itu seperti dikutip dari AS, Sabtu (25/5/2019).

"Saya sebagian yang harus disalahkan atas apa yang terjadi dengan para pemain lainnya," tambah Lionel Messi.

 

Mimpi Buruk Terulang

Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Liverpool pada laga semifinal Liga Champions 2019 di Stadion Anfield, Selasa (7/5). Liverpool menang 4-0 atas Barcelona. (AP/Dave Thompson)

Tersingkir di semifinal Liga Champions bagi Barcelona seolah mengulang mimpi buruk. Sebab, hal itu juga pernah terjadi pada musim lalu.

Saat itu, Barcelona menang 4-1 atas AS Roma pada leg pertama perempat final di Camp Nou. Tapi, saat bertandang ke markas Roma, Lionel Messi dan kolega kalah 0-3 sehingga tiket semifinal lepas dari genggaman.

"Kita semua memiliki final Liga Champions di pikiran kita. Sehingga tersingkir membuat kekecewaan semakin besar, terutama setelah apa yang terjadi tahun sebelumnya melawan Roma," kata Messi.

"Ini akan menjadi sensasi yang aneh karena menderita nasib sama di Eropa."

 

Dukung Valverde

Meski Barcelona kembali gagal di Liga Champions, Messi tetap mendukung Valverde duduk di kursi pelatih. "Ya, saya ingin dia melanjutkan," ucapnya.

"Untuk semua waktu yang dihabiskannya mengembangkan tim, jika Anda suka cara kami bermain atau tidak, kami masih punya peluang untuk meraih dua gelar juara."

"Dalam dua tahun kami kehilangan dua pertandingan penting. Memang benar bahwa dia meninggalkan noda pada catatan kami, tetapi apa yang telah kami lakukan adalah baik," pungkas Messi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

XL Perkuat Jaringan Internet untuk Antisipasi Penggunaan Selama Ramadan

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memastikan layanan internet selama bulan Ramadan termasuk nanti di masa mudik sudah dipersiapkan dengan baik. Hal itu disampaikan oleh CEO XL Axiata, Dian Siswarini, dalam acara buka puasa bersama. 

Menurut Dian, salah satu program khusus yang sudah dipersiapkan XL di masa Ramadan ini adalah memperkuat jaringan. Terlebih, masa Lebaran merupakan puncak traffik.

"Jauh-jauh sebelumnya kami sudah memperbaiki jaringan dan menambah kapasitas terutama di titik mudik Lebaran," kata Dian di XL Tower, Jakarta, Jumat (25/5/2019). 

Lebih lanjut Dian juga menuturkan XL turut mempersiapkannya dengan membangun infrastruktur jaringan di luar Jawa.

Tahun ini, menurut Dian, merupakan tahun ketiga XL memperluas jaringan di luar Jawa, termasuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T). 

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya yang ditemui secara terpisah juga menuturkan bahwa sebagai persiapan Ramadan, pihaknya sudah memastikan kapasitasnya cukup, baik dari radio, transport, hingga core

"Jadi, kalau misalnya kapasitas radio, kami sudah memasang lebih dari 1.700 BTS," tuturnya menjelaskan.

Yessie juga menuturkan bahwa jalur mudik di Jawa, baik untuk transportasi di sepanjang tol Trans Jawa dan jalur kereta api sudah tercakup dengan baik. 

Yessie menuturkan, 97 persen dari jalur trans Jawa sudah terselimuti jaringan 4G LTE XL. Sementara, jalur kereta api ada sudah mencakup 93 persen. 

"Kami juga meningkatkan upstream internet hingga 1,5 kali. Kami sudah menyiapkan new exchange di Singapura dan Australia," lanjutnya.  

Bersama Kementerian Agama Kembangkan Program Madrasah Aliyah 4.0

Seorang teknisi sedang mengecek BTS berteknologi 4G milik XL di Mataram. (Doc: XL Axiata)

Bersama dengan Kementerian Agama, XL Axiata turut mengembangkan pendidikan berbasis digital di sekolah setingkat Madrasah Aliyah. Program ini akan menjangkau setidaknya 400 Madrasah Aliyah yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Direktur Kurikulum Sarana dan Prasarana Kelembagaan dan Kesiswaan, Kementerian Agama, Dr. H.A. Umar bersama Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini secara simbolis meluncurkan program ini di Jakarta, kemarin. 

"Kami menyambut baik kerjasama dengan Kementerian Agama ini karena kami sama-sama memiliki kepedulain yang tinggi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama pendidikan berbasis digital," jelas Dian. 

Nantinya, XL Axiata akan memberikan pelatihan pengembangan soft skills dan pemanfaatan teknologi digital pada para siswa Madrasah Aliyah.

Kerja sama ini sekaligus dapat membantu program Kementerian Agama dalam mewujudukan visi Madrasah Goes Digital sebagai persiapan era revolusi industri 4.0. 

Beri Bantuan Akses Internet

Petugas teknisi XL Axiata melakukan pemeriksaan terhadap perangkat BTS 4G yang berada di ruas Jalan Tol Merak, Jakarta (Foto: XL Axiata)

Dalam program ini, XL Axiata juga mendistribusikan secara bertahap bantuan akses internet cepat ke seluruh 400 Madrasah Aliyah tersebut.

Bantuan ini termasuk dalam Gerakan Donasi Kuota XL, yang diwujudkan dengan perangkat router dan kuota sebesar 20 GB per bulan selama setahun. 

Selain itu, juga diselenggarakan program pelatihan berbasis digital bagi siswa, seperti Madrasah 4.0 Ramadan Boot Camp dan Vlog Competition Madrasah Aliyah.

Karyawan XL Axiata juga dilibatkan sebagai pengajar untuk sejumlah materi dalam program pelatihan ini. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kabut Tebal Landa Kota Christchurch Selandia Baru

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Seorang pegolf memukul bola saat bermain dalam kabut tebal di Lapangan Golf Russley di Christchurch, Selandia Baru, Sabtu (25/5/2019). Beberapa penerbangan di Bandara Christchurch ditunda atau dibatalkan karena kabut tebal menyelimuti kota tersebut. (AP Photo/Mark Baker)

Seorang pegolf memukul bola saat bermain dalam kabut tebal di Lapangan Golf Russley di Christchurch, Selandia Baru, Sabtu (25/5/2019). Beberapa penerbangan di Bandara Christchurch ditunda atau dibatalkan karena kabut tebal menyelimuti kota tersebut. (AP Photo/Mark Baker)

Seorang pegolf memukul bola saat bermain dalam kabut tebal di Lapangan Golf Russley di Christchurch, Selandia Baru, Sabtu (25/5/2019). Beberapa penerbangan di Bandara Christchurch ditunda atau dibatalkan karena kabut tebal menyelimuti kota tersebut. (AP Photo/Mark Baker)

Seorang pegolf memukul bola saat bermain dalam kabut tebal di Lapangan Golf Russley di Christchurch, Selandia Baru, Sabtu (25/5/2019). Beberapa penerbangan di Bandara Christchurch ditunda atau dibatalkan karena kabut tebal menyelimuti kota tersebut. (AP Photo/Mark Baker)

Para pegolf bermain dalam kabut tebal di Lapangan Golf Russley di Christchurch, Selandia Baru, Sabtu (25/5/2019). Beberapa penerbangan di Bandara Christchurch ditunda atau dibatalkan karena kabut tebal menyelimuti kota tersebut. (AP Photo/Mark Baker)

Para pegolf bermain dalam kabut tebal di Lapangan Golf Russley di Christchurch, Selandia Baru, Sabtu (25/5/2019). Beberapa penerbangan di Bandara Christchurch ditunda atau dibatalkan karena kabut tebal menyelimuti kota tersebut. (AP Photo/Mark Baker)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hiswana Migas Jamin Pasokan Gas Melon di Garut Aman

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Garut, Jawa Barat memastikan pasokan gas 3 kg atau gas melon, aman selama pelaksanaan ramadan hingga lebaran idul fitri mendatang.

Suntikan pasokan tambahan (Fakultatif) sebanyak 314.000 tabung LPG 3 Kg, termasuk penambahan 150 pangkalan siaga, 30 agen LPG PSO, 5 agen LPG NPSO siaga yang dilakukan Pertamina MOR III, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan warga.

Humas Hiswana Migas Garut, Evi Alvian Hartaz mengatakan, untuk mengantisipasi kelangkaan LPG 3 kg pada dua momen nasional itu, lembaganya jauh hari telah menyiapkan sejumlah persiapan.  

"Adanya tambahan sebanyak 314.000 dan adanya pangkalan siaga, stok gas LPG 3 Kg di Kabupaten Garut cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Saat ini pasokan gas  subsidi di Garut mencapai 1,3 juta tabung setiap bulannya, namun sejak masuknya momen Ramadan, perusahaan minyak plat merah, telah melakukan penambahan hingga 314.000 tabung. "Hal ini, untuk mengimbangi lebih banyaknya pemakaian gas LPG 3 Kg selama Ramadan," kata dia.

Selain penambahan tabung, upaya lain yang dilakukan perusahaan minyak plat merah itu, telah membuka hingga 150 pangkalan siaga baru, yang ditempatkan di beberapa daerah rawan kelanggan, terutama wilayah Garut Selatan, dengan medan yang sulit dijangkau.

Ia mengakui, dengan adanya penambahan itu, termasuk pembukaan pangkalan baru, mampu menjawab tingginya kebutuhan warga saat Ramadan dan Lebaran mendatang. "Kami juga meminta masyarakat untuk berperan aktif dalam memantau harga jual dari setiap pangkalan," kata dia.

Untuk mengawasi adanya pangkalan nakal, dengan menaikan harga tinggi kepada masyarakat, lembaganya bakal menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) khusus pemantau harga. "Kami meminta laporkan jika ada pangkalan yang menjual lebih dari HET," ujar dia mengingatkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Malam Lailatul Qadar

Posted: 24 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan Doa Ramadan kali ini berisi bacaan doa untuk menyambut datangnya malam Lailatul Qadar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: