Rabu, 15 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Realistis, Tata Motors Pilih Fokus Segmen Kendaraan Niaga

Posted: 15 May 2019 11:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menancapkan kuku bisnisnya di pasar otomotif nasional pada 2012, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menawarkan produk kendaraan penumpang dan niaga.

Selang beberapa tahun ke depan, pabrikan asal India itu tidak lagi meniagakan produk kendaraan penumpangnya, seperti Tata Storme, Aria dan Vista. Mereka pun berfokus pada segmen kendaraan niaga.

Beragam produk terus dihadirkan. Bahkan di tahun ini, mereka berencana menghadirkan tujuh (7) model baru.

Potensi besar menjadi alasan Tata Motors bermain di segmen kendaraan niaga. Terlebih lagi, mereka melihat saat ini kondisi perekonomian Indonesia terus membaik. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan komoditas energi, konstruksi dan logistik.

"Kuartal pertama 2019 pasar mobil penumpang trennya menurun, sementara komersial meningkat. Jadi fokus kami saat ini pada kendaraan komersial saja. Lebih menjanjikan," aku Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta di Jakarta, Rabu (15/5) malam.

"Pertumbuhan kebutuhan komoditas energi, konstruksi dan logistik di Indonesia terus tumbuh. Kondisi ini meyakinkan kami untuk fokus menjual mobil komersial," Biswadev menambahkan.

 

Model Baru

Hal inilah yang membuat Tata Motors enggan kembali bermain mobil penumpang. "Kami memiliki beragam mobil penumpang yang bagus, tetapi untuk Indonesia, pasar yang menjanjikan adalah segmen komersial," ujarnya.

Sekadar informasi, di sepanjang tahun ini Tata Motors akan merilis secara bertahap 7 model barunya.

Adapun model yang bakal dirilis antara lain Tata Super Ace HT2 facelift, Tata LPT 407-34 WB, Ultra 1014-45 & 33 WB, Tata LPT 813-38 WB, tata LPT 1116-42 WB, tata Prima 3338.K 8x4 52 WB, dan Tata Prima 3132 T.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Gelandang Kelas Dunia yang Bisa Membuat MU Lebih Kuat Musim Depan

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) mengakhiri musim 2018/19 dengan buruk. Setan Merah finis di peringkat keenam Liga Inggris dan absen di Liga Champions musim depan.

Perombakan dalam skuat MU jelas dibutuhkan. Fans MU pastinya tak ingin melihat tim pujaan mereka terpuruk lagi di musim depan.

Beberapa pemain yang menghuni tim saat ini pun kabarnya bakal dilego. Di antara nama-nama yang kabarnya bakal hengkang antara lain Paul Pogba, Alexis Sanchez dan Ander Herrera.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer pastinya harus mengganti gelandang yang hengkang dengan gelandang baru. Satu hal, manajer asal Norwegia ini punya pekerjaan rumah mencari gelandang kreatif yang bisa mendongkrak kualitas serangan maupun pertahanan MU.

Seperti dilansir Sportskeeda, tiga nama gelandang kelas dunia ini rasanya patut dipertimbangkan MU. Berikut daftarnya.

 

1. Thiago Alcantara

Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara (AFP/Gabriel Bouys)

Nama Thiago Alcantara pernah dikaitkan dengan MU saat sang gelandang ingin hengkang dari Barcelona. Namun Thiago akhirnya berlabuh di Jerman bersama Bayern Munchen.

Bersama klub berjuluk FC Hollywood itu, Thiago menjadi salah satu pemain kunci. Di musim ini, Thiago berpeluang meraih gelar juara Bundesliga keenamnya.

Gelandang asal Spanyol itu pun diprediksi bakal menjadi sosok pengganti yang tepat andai Paul Pogba hengkang. Di kakinya, alur serangan MU bukan tidak mungkin bisa lebih lancar.

Namun demikian, MU jelas membutuhkan dana besar jika ingin memboyong Thiago. Pasalnya, Bayern tentu tak akan melepas Thiago dengan harga murah.

2. Marco Verratti

Gelandang PSG, Marco Verratti,  (AFP/Franck Fife)

Sejak Michael Carrick pensiun, MU praktis tak punya lagi gelandang yang bisa mengatur tempo dari lini pertahanan. Nemanja Matic yang didatangkan dari Chelsea ternyata tak cukup mampu menjawab ekspektasi tinggi fans.

Alhasil, nama Marco Verratti pun sepertinya layak dipertimbangkan. Verratti boleh dibilang gelandang yang tak tergantikan di skuat Paris Saint Germain (PSG).

Padahal, Le Parisien kerap gonta-ganti pelatih, mulai dari Carlo Ancelotti hingga saat ini ditangani Thomas Tuchel. Verratti sukses mempertahankan satu tempat di tim utama di bawah sosok pelatih berbeda.

Menurut situs transfermarkt, Verratti punya harga transfer senilai 67 juta pound sterling atau Rp 1,2 triliun. Namun harga itu bisa membengkak mengingat durasi kontrak Verratti yang baru habis pada Juni 2021.

3. Saul Niguez

Saul Niguez (AFP/Javier Soriano)

Dibanding Thiago atau Verratti, nama Saul Niguez barangkali tak terlalu populer. Namun itu bukan berarti kualitas gelandang Atletico Madrid ini bisa diremehkan.

Terbukti, Saul selalu menjadi andalan Diego Simeone di lini tengah Atletico Madrid. Gelandang berusia 24 tahun ini pun tak jarang dihubung-hubungkan dengan Barcelona atau Real Madrid.

Hanya saja, MU juga harus menggelontorkan dana besar demi memboyong Saul. Ini karena durasi kontraknya yang masih berlangsung hingga Juni 2026.

Menurut transfermarkt, Saul punya nilai transfer 81 juta pound sterling. Untuk mendapat dana sebesar itu, MU perlu melego beberapa para pemain bintangnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Rosa Meldianti, Sosok yang Kerap Tersangkut Kontroversi

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rosa Meldianti kembali menjadi sorotan publik lantaran beredar berita bahwa bayaran saat ia manggung ditaksir dengan harga yang fantastis. Dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram @rumpii_asiik beberapa waktu yang lalu, Rosa Meldianti mengungkapkan berita tersebut.

Rekaman video yang terlihat seperti di dalam sebuah acara itu menampilkan dua pembawa acara yang bertanya pada Meldi soal bayarannya setiap kali manggung. Rosa Meldianti pun mengaku bahwa bayarannya cukup fantastis yaitu Rp 200 juta.

Sebelumnya kedua pembawa acara menanyakan seberapa besar bayarannya, apakah lebih besar dengan De-Pe (Dewi Perssik) atau tidak. Meldi pun menjawab,

"Ya bisa dibilang lah kalau di luar kota. Tergantung lagu. Kalau delapan lagu ya sampai Rp 200 juta," ujarnya.

Nama Rosa Meldianti semakin dikenal publik lantaran perseteruannya dengan sang tante yaitu Dewi Perssik. Namun baru-baru ini, ia berseteru dengan Nikita Mirzani soal bayarannya yang hingga Rp 200 juta.

Profil Rosa Meldianti

Meldi (Keponakan Dewi Perssik) (Nurwahyunan/bintang.com)

Rosa Meldianti dikenal sebagai salah satu sosok keponakan Dewi Perssik. Kerap disapa Meldi, gadis ini lahir pada tanggal 16 Mei 1996 di Jember, Jawa Timur.

Ia kini berprofesi sebagai penyanyi setelah sempat dibantu oleh Dewi Perssik sebelum perseteruannya terjadi. Meldi bahkan kini telah bergabung ke dalam DJ Manajemen dan sudah merilis beberapa single lagu.

Meldi sebelumnya sempat mengambil kelas DJ pada Juli 2018 lalu yang disarankan oleh Dewi Perssik.

Dari akun media sosialnya, diketahui bahwa ayah Meldi merupakan salah satu anggota kepolisian yang bertugas di Polres Jember. Tak jarang Meldi kerap menuliskan rasa bangganya kepada sang ayah melalui postingan di akun Instagramnya.

Meldi diajak oleh Dewi Perssik  ke Jakarta agar bisa menjadi artis. Selama 6 bulan Meldi sempat tinggal bersama dengan Dewi Perssik di Jakarta. Meldi juga tak jarang diajak ke beberapa acara yang dihadiri Dewi Perssik.

Perseteruan dengan Dewi Perssik

Pedangdut, Dewi Perssik (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Dewi Perssik melaporkan keponakannya Meldi ke pihak kepolisian dengan tuduhan pencemaran nama baik dan fitnah. Meldi mengatakan bahwa Dewi Perssik disebut 'pilih kasih' terhadapnya dan merasa tidak adil.

Dari laporan tersebut berujung Meldi ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak kepolisian. Dewi Perssik juga sempat mengatakan bahwa Meldi adalah anak yang pembangkang dan terlalu ambisius.

Dewi Perssik sebisa mungkin untuk berlaku adil kepada keponakan-keponakannya yang lain, namun Meldi seolah ingin menang sendiri.

"Tapi anak ini emang pembangkang. Maksudnya itu kalau misalnya saudara saudara yang lain dikasih 10, dia maunya 15 atau 20. Nggak mau adil," ujar Dewi Persik ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018) lalu.

Berseteru dengan Artis Lainnya

Meldi (Keponakan Dewi Perssik) (Instagram/rosameldianti_)

Meldi juga pernah dikabarkan berseteru dengan beberapa artis selain Dewi Perssik. Seperti Lucinta Luna, Barbie Kumalasari dan Gressa Silalahi.

Permasalahannya dengan Dewi Perssik belum menemukan titik terang, Meldi justru menyinggung nama Lucinta Luna dalam permalasahannya. Merasa tak terima namanya dikaitkan, Lucinta Luna pun lontarkan kritikan ke Meldi.

Selain itu artis Barbie Kumalasari juga sempat bermasalah dengan keponakan Dewi Perssik itu. Di sebuah acara, Barbie Kumalasari mengomentari bahwa Meldi turut bergabung berfoto bersama padahal tak diajak. Ia pun mengomentari bahwa sikap Meldi pun tak sopan.

Mantan teman duetnya pun juga berseteru dengan Meldi. Gressa Silalahi ungkap bahwa Meldi adalah sosok yang sombong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menghangatkan Makanan Saat Sahur, Bikin Nilai Gizinya Berkurang?

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Waktu yang terbatas membuat sebagian orang yang menjalankan puasa memilih menghangatkan makanan saat sahur. Namun, banyak juga yang khawatir kebiasaan ini membuat nilai gizi makanan tersebut berkurang. Benarkah demikian?

Menurut dokter spesialis gizi klinis Diana Sunardi, tidak semua makanan yang dipanaskan nilai gizinya berkurang.

"Kalau sumber protein enggak masalah karena enggak rusak. Namun, kalau sayur, semakin dipanasin ya kandungan nilai gizi berkurang. Kalau mineralnya sih masih tapi vitamin dalam sayuran yang sedikit berkurang," kata Diana usai acara bersama Danone-Aqua di Jakarta ditulis Kamis (16/5/2019).

Diana juga tidak terlalu mempermasalahkan sayuran yang dihangatkan untuk sahur. Yang penting, kata dia, masih ada kandungan serat dalam sayur yang dipanaskan.

"Agar asupan vitamin dalam tubuh tidak kurang, tinggal makan buah saja cukup," kata wanita yang sehari-hari beraktivitas di Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Cara Tepat Memasak Sayur

Ilustrasi masak sayur. (dok. pexels.com/Martin Lopez)

Jika ingin mendapatkan manfaat maksimal dari sayur yang kita santap, perlu memperhatikan cara memasak. Cara memasak terbaik untuk sayur adalah dengan menumisnya.

"Sayur itu yang paling baik kan ditumis, karena tidak direbus terlalu lama," kata Diana.

Namun, memang tidak banyak masakan Indonesia yang diolah dengan cara ditumis. Biasanya kangkung dan bayam yang lazim ditumis.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perekam Pria Pengancam Presiden Jadi Tersangka

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menetapkan perekam pria yang mengancam presiden Jokowi sebagai tersangka. Ia diduga merekam lalu menyebarkan video tersebut ke media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Ungkap Hoaks Pemilu di Cirebon, Begini Modus Pelaku

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kepolisian Daerah Jawa Barat melalui Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) kembali mengungkap kasus penyebaran informasi menyesatkan atau hoaks di media sosial terkait Pemilu 2019.

Kali ini, penyidik Ditreskrimsus menangkap seorang pria berinisial RGS (45), warga asal Cirebon, yang diduga melakukan penyebaran video pendek yang diduga bermuatan hoaks di media sosial.

Video berdurasi 45 detik itu berisi tentang berlangsungnya rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat kecamatan yang dilaksanakan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Plumbon, Kabupaten Cirebon di GOR Pamijahan, secara tertutup.

RGS mengunggah video pada 20 April 2019. Ia kemudian ditangkap jajaran Polres Cirebon, pada Senin (13/5/2019) pukul 22.00 di Desa Kejuden Rt 01 Rw 02 Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Kasusnya kini diserahkan ke Polda atas dugaan penyebaran hoaks.

"Untuk RGS ini, dia memberikan pendapatnya dan ini diunggah ke akun Facebook. Dan dia tidak bertanya kepada pihak manapun (soal peristiwa) sehingga ada dalam unsur pidana dan sudah pasti meresahkan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Rabu (15/5/2019).

RGS Rekam Sendiri Videonya

Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko. (Huyogo Simbolon)

Sebelum RGS membuat dan membagikan video, sekitar Sabtu, (20/4) pukul 13.00 WIB, tersangka mendatangi GOR Pamijahan, tempat dilaksanakannya rapat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kecamatan Plumbon.

Selanjutnya, tersangka membuat rekaman video dengan cara menampilkan diri sendiri. Dalam video berdurasi 45 detik itu RGS mengatakan sebagai berikut.

"Hari ini rapat pleno terbuka perhitungan C1 di PPK Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Akan tetapi kami merasa aneh sekali rapat pleno ini tertutup masyarakat tidak boleh melihat bahkan para saksi pun itu dipersulit untuk masuk. Ini enak-enakan nih petugas-petugas yang ada di dalam ini mau mengurangi, mau menambahi. Ini kita viralkan, ini kami mohon bantuan dari saudara sekalian untuk memviralkan, salam akal sehat, salam 02 Prabowo Sandi Menang Allahuakbar," kata RGS dalam video tersebut.

RGS kemudian mengunggah video singkat itu di akun Facebook-nya bernama Ragista Ragista. Saat ditelusuri, unggahan video tersebut sudah dihapus. Sementara video, masih beredar di akun Youtube 'Calon Juragan Channel' yang diunggah pada 20 April 2019.

Sebelum ditangkap, RGS dilaporkan ke polisi oleh Rahmat Saeful Anwar yang juga Ketua PPK Plumbon pada 30 April 2019.

Tersangka Bukan Saksi Partai

Trunoyudo menjelaskan, hal yang disampaikan RGS adalah hoaks. Pada kenyataannya, dalam rapat pleno memang ada aturan bahwa sudah ditunjuk saksi dari masing-masing peserta pemilu.

"Memang ada aturan yang harus dipatuhi bersama di mana masing-masing pasangan calon Pilpres maupun DPD atau DPR menunjuk para saksi untuk bisa hadir. Maka tidak semua dan yang bersangkutan mengunggah kegiatan tersebut seolah-olah tertutup," jelas Truno.

Sedangkan posisi RGS diketahui hanya simpatisan salah satu pasangan calon presiden pada pemilu 2019.

"Sementara, saksi itu adalah orang yang diberikan mandat oleh pasangan calon. Tapi yang bersangkutan mengaku-ngaku sebagai saksi, tapi tidak diberikan mandat," ujar Trunoyudo.

Trunoyudo menambahkan, RGS membuat sendiri video itu. Dia juga yang mengunggah video itu di media sosial.

Atas perbuatannya, polisi menjerat RGS dengan Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) UU no 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat (1) dan Pasal 15 UU No 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dengan ancaman 6 tahun penjara.

RGS pun mengakui bukan sebagai saksi dalam tahapan penghitungan tingkat kecamatan tersebut.

"Jadi pada saat itu saya datang sekitar jam 10, memang saya bukan saksi tapi saya ingin lihat," katanya.

Walaupun dalam video RGS tampak meyakinkan menyampaikan adanya dugaan kecurangan, ia mengaku tak tahu sama sekali aturan terkait perhitungan suara.

"Itu barangkali ketidaktahuan saya tentang terbuka dan tertutupnya rekapitulasi suara C1. Saya mohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada seluruh warga Indonesia barangkali dengan unggahan video saya itu ada masyarakat yang dirugikan," kata RGS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Dari Lokasi Syuting Film John Wick 3

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - John Wick Chapter 3: Parabellum merajai bioskop pekan ini. Tayang perdana Rabu (15/5/2019), John Wick 3 disambut publik.

Lewat aplikasi penilaian film Cinepoint, publik memberi nilai 8/10 untuk John Wick 3. Keesokan harinya, jumlah layar John Wick 3 ditambah menjadi 450. Sejumlah pemerhati film menyebut John Wick 3 lebih baik daripada dua pendahulunya. 

Meledaknya John Wick Chapter 3: Parabellum dilatari sejumlah faktor. Selain cerita dan koreografi aksi yang lebih memukau, film ini menampilkan lebih banyak pemain papan atas di antaranya Halle Berry dan bintang laga era 1990-an Mark Dacascos.

Masyarakat Indonesia juga merasa lebih dekat dengan film ini lantaran ada 2 aktor Indonesia yang direkrut untuk melawan Keanu Reeves, yakni Cecep Arif Rahman dan Yayan Ruhian. 

Bagi yang belum menonton John Wick Chapter 3: Parabellum, berikut 5 fakta dari lokasi syuting yang kami rangkum dari berbagai sumber.

 

 

Arti Parabellum

John Wick 3 (Lionsgate)

Parabellum berasal dari ungkapan Bahasa Latin "si vis pacem, para bellum." Yang artinya, jika menginginkan kedamaian, bersiaplah untuk berperang. Parabellum juga diambil dari nama peluru senjata api kaliber 9 mm.

 

Halle Berry Jadi Pelatih Anjing

Halle Berry (CHRISTOPHER POLK / GETTY IMAGES   NORTH AMERICA / AFP)

Selama proses produksi, aktris peraih Oscar Halle Berry yang memerankan Sofie merangkap sebagai pelatih anjing.

 

Reuni Bintang dan Kru The Matrix Trilogy

Franchise film The Matrix yang bernuansa fiksi ilmiah, dikabarkan bakal memiliki sebuah trilogi versi baru.

John Wick 3: Parabellum menjadi ajang reuni bagi beberapa aktor dan kru The Matrix Trilogy. Antara lain Keanu Reeves, Laurence Fishburne, Tiger Hu Chen, dan Randall Duk Kim. Sutradara Chad Stahelski pun dulu koordinator adegan seni bela diri berbahaya sekaligus pemeran pengganti Keanu Reeves di trilogi tersebut.

 

Dikepung Kucing Liar

Adegan pertarungan Keanu Reeves melawan Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman di John Wick 3 (YouTube/  Lionsgate Movies)

Saat syuting di kawasan Essaouira, Maroko, set untuk pengambilan gambar sempat dikepung kawanan kucing liar.

Kru terpaksa membangun dinding-dinding sangkar untuk mengungsikan sementara kucing-kucing liar tersebut sekaligus agar tidak mengalihkan perhatian anjing-anjing yang terlibat dalam produksi.

 

Berburu Pemeran Sofia

John Wick 3 (Lionsgate)

Sebelum jatuh ke tangan Halle Berry, beberapa aktris papan atas sempat dilirik untuk menghidupkan karakter Sofia. Di antaranya, Jennifer Beals, Eva Longoria, Salma Hayek, Penelope Cruz, Marion Cotillard, Uma Thurman, dan Marisa Tomei.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyek Satelit Internet dari SpaceX Siap Meluncur

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - SpaceX dilaporkan bersiap meluncurkan misi baru yang diberi nama Starlink. Misi ini merupakan langkah SpaceX untuk menghadirkan koneksi internet dari luar angkasa.

Dikutip dari Space, Kamis (16/5/2019), misi ini akan diluncurkan lewat roket Falcon 9 pada 15 Mei 2019 waktu Amerika Serikat. Namun karena ada masalah cuaca, peluncuran ditunda hingga 16 Mei 2019 waktu Amerika Serikat.

Nantinya, akan ada sekitar 60 satelit yang diluncurkan SpaceX dan ditempatkan di orbit rendah Bumi. Kendati demikian, satelit ini tidak langsung memiliki kemampuan memancarkan internet.

Peluncuran perdana ini dilakukan untuk memberikan gambaran bagi SpaceX saat mengoperasikan satelit dalam jumlah banyak di luar angkasa.

CEO SpaceX, Elon Musk, juga menyebut proyek ini merupakan salah satu yang tersulit. "Ini adalah salah satu proyek insinyur yang pernah saya lihat dan kini selesai. Proyek ini juga sudah dieksekusi dengan baik," tuturnya.

Sekadar informasi, misi Starlink sendiri akan dibagi dalam dua tahap. Pertama akan ada 4.409 satelit yang beroperasi dari ketinggian antara 550 km hingga 1.325 km.

Sementara tahap kedua, ada 7.518 satelit yang beroperasi di ketinggian 335 km dan 346 km. Secara keseluruhan, ada 11.927 satelit yang berfungsi untuk memancarkan internet ke jutaan pengguna di permukaan Bumi.

Adapun tujuan dari satelit ini adalah menyediakan jaringan internet dari luar angkasa dengan waktu lag lebih pendek. Hal yang tidak ditawarkan teknologi satelit saat ini.

Sekadar informasi, SpaceX bukan satu-satunya perusahaan yang memiliki rencana meluncurkan satelit internet. Perusahaan lain yang juga disebut mempunyai rencana serupa adalah OneWeb dan Blue Origin.

Taksi SpaceX untuk Astronot Berhasil Jalani Uji Coba

Bos SpaceX memamerkan foto pakaian luar angkasa yang akan dipakai astronot saat naik kapsul Crew Dragon (Sumber: Instagram/ @elonmusk)

Pesawat luar angkasa SpaceX dilaporkan telah berhasil mendarat dengan sempurna di Bumi.

Peristiwa ini terjadi setelah pesawat bernama Crew Dragon itu menjalani misi selama enam hari ke International Space Station.

Sekadar informasi, Crew Dragon berhasil mendarat dengan baik di Samudra Pasifik.

Keberhasilan ini sekaligus menjadi penanda baik bagi misi berawak ke luar angkasa yang sedang direncanakan NASA bersama SpaceX.

"Semua berjalan sempurna, tepat waktu sesuai dengan yang kami perkirakan," tutur Director of Crew Mission Management SpaceX, Benjamin Reed seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/3/2019).

Seperti diketahui, NASA dan SpaceX memiliki rencana untuk menjalani misi ke luar angkasa dengan pesawat yang dapat kembali ke Bumi.

Nantinya, uji coba dengan awak akan dilakukan pada Juli 2019, bersama dua astronot, yakni Doug Harley dan Bob Behnken.

Dengan keberhasilan ini, Crew Dragon akan diperbaiki lebih dulu untuk persiapan uji coba selanjutnya.

Sekadar informasi, pesawat luar angkasa Crew Dragon ini memang difungskan sebagai taksi untuk astronot di luar angkasa.

Maksudnya, pesawat ini dapat terbang untuk mengantarkan astronot menuju International Space Station. Setelahnya, kapsul ini dapat kembali ke Bumi dan digunakan lagi untuk keperluan misi yang lain.

Dikembangkan Sejak 2014

Ilustrasi perjalanan ke luar angkasa SpaceX (Foto: SpaceX)

Crew Dragon sendiri dikembangkan oleh SpaceX sejak 2014 dengan dana kontrak dari NASA sebesar US$ 2,6 miliar (setara dengan Rp 36 triliun).

Pada kesempatan yang sama, NASA juga telah menandatangi kontrak dengan Boeing untuk membangun sebuah kapsul bernama CST-100 Starliner, yang meluncur pada April 2019.

Kapsul luar angkasa ini akan digunakan sebagai wahana transportasi astronot antara Bumi dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Untuk saat ini, NASA masih bergantung dengan roket Soyuz Rusia dan pesawat luar angkasa lain untuk mengantar astronot ari ISS. Biayanya sendiri per bangku memakan dana US$ 80 juta (Rp 1,1 triliun).

Crew Dragon akan memiliki tujuh bangku, lengkap dengan teknologi canggih dan konsol layar sentuh yang akan dikontrol oleh astronot.

Kapsul ini juga akan dilengkapi dengan delapan mesin SuperDraco, yang dirancang untuk menerbangkan kapsul dalam kondisi darurat.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eco-Ramadan, Cara Unik Berpuasa Sembari Melestarikan Lingkungan

Posted: 15 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang menjadi tradisi selama puasa pada bulan Ramadan? Ialah takjil dan makanan ringan lain yang kerap dibungkus dalam wadah plastik. Jika tidak dikelola dengan baik, sampah dari pembungkus makanan buka puasa ini akan mencemari dunia.

Karena alasan itulah, sebuah gerakan bernama eco-Ramadan muncul, mengajak seluruh Muslim di Indonesia untuk beribadah sembari menjaga kelestarian lingkungan.

Masyarakat dinilai cenderung lebih konsumtif selama Bulan Suci umat Islam ini, menurut penggagas eco-Ramadan, DK Wardhani atau akrab disapa Dini.

"Pada saat Ramadan kan yang awalnya kita nggak pernah jajan takjil atau camilan, saat Ramadan kita beli di luar," ujarnya kepada VOA pada Jumat, 10 Mei 2019, yang dikutip oleh Liputan6.com pada Rabu (15/5/2019).

Di Jakarta misalnya, imbuh Dini, sampah bertambah 864 ton pada hari pertama Ramadan. Kenaikan ini juga diperkirakan terjadi di banyak kota lain di Tanah Air.

"Sampah-sampah itu berasal dari wadah plastik dan tas kresek untuk takjil yang sebenarnya tidak kita perlukan. Jadi, kita itu sebenarnya nggak terlalu perlu banget (plastik), tapi kita terlena, termanjakan. Kita lihat itu (plastik) sebagai sebuah kepraktisan. Akhirnya kita menggunakan jalan yang singkat ini, sebenarnya kita nggak butuh-butuh banget," terang penulis 'Menuju Rumah Minim Sampah' itu.

Eco-Ramadan adalah satu dari berbagai upaya Dini dalam pelestarian lingkungan. Pada Mei 2018, Dini menggagas kelas nol sampah (zero waste).

Selain itu, dia pun mendorong masyarakat untuk mengurangi plastik bersama komunitas Sahabat Alam Cilik (SAC) di Malang, Jawa Timur. Alih-alih plastik, dia menganjurkan memakai tas belanja kain, serta membawa botol minum dan wadah makanan sendiri.

Islam Ajarkan Pelestarian Lingkungan

Tidak hanya atasan, terdapat juga celana jeans anak yang terbuat dari kain sutra dan botol plastik daur ulang yang dijual di toko Target, New York, Jumat (14/7). Konsumen menginginkan barang berkualitas tetapi dengan harga terjangkau. (AP/Mark Lennihan)

Agama Islam, ujar Dini, mengajarkan pelestarian lingkungan sebagaimana tercantum dalam beberapa ayat Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW.

Salah satunya tertulis dalam surat Al-Isro ayat 26-27 yang artinya:

Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) bahkan telah menerbitkan fatwa 47 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah. Namun, Dini mengakui, belum banyak yang mengetahui ketentuan ulama ini.

"Memang saya kira sosialisasinya ke bawah yang mungkin kurang, jadi masih sedikit yang mengetahui fatwa tersebut, tegasnya.

Karena itu, dia mendorong --terutama komunitas Muslim-- bisa mengurangi sampah selama Ramadan.

"Kalau kita mau ini jadi amal kebaikan, kita niatkan di bulan Ramadhan ini kita mau berubah saya mau jadi orang yang lebih baik. Ayolah, ini sebenarnya hal yang sangat ringan," ajaknya.

Tips Kurangi Sampah Saat Ramadan

Sejumlah makanan dari pedagang takjil yang diperiksa di Pasar Takjil Bendungan Hilir, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Pemeriksaan Takjil ini guna mencegah pedagang makanan yang masih nakal menggunakan zat berbahaya yang di campur dalam makananya. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah. Dalam acara buka bersama, misalnya, panitia dapat mencantumkan informasi dalam undangan bahwa acara tersebut mengadopsi konsep minim sampah.

Makanan takjil dapat disuguhkan di piring beling dan air disediakan lewat galon. Dengan demikian, penggunaan plastik bisa diminimalisir.

Namun, ungkap Dini, tidak semua orang bisa langsung mampu meninggalkan plastik. Ada yang tetap menggunakan plastik karena dianggap lebih sopan.

"Agak kaget juga ini sopan nggak ya seperti ini? Yang sering dialami adalah dirasa kurang sopan, dirasa kurang memuliakan tamu," terang lulusan S2 desain perkotaan ITB ini.

Selain plastik, banyak juga yang membuang sampah makanan. DKI Jakarta mencatat kenaikan jumlah sampah saat Ramadan didominasi oleh sampah makanan.

Penggagas program "Zero Waste Warriors", Zeiny Sofiani, mengatakan banyak orang yang 'lapar mata' saat Ramadan.

"Kayaknya buka puasa sama ini enak, sama itu enak, begitu berbuka kekenyangan, Karena memang tubuh kita nggak butuh makanan sebanyak itu juga," ujarnya yang memimpin komunitas di Bandung, Jawa Barat.

Guna mengurangi sampah makanan, masyarakat harus bijak dalam berbelanja. "Yang pertama adalah mengontrol nafsu. Supaya kita nggak barbar ketika buka puasa. Nggak segala pengen dimakan dan akhirnya buang-buang makanan," ujarnya kepada VOA.

Zeiny mengatakan, sampah makanan sangat berbahaya karena menghasilkan gas metana. Gas ini dapat menyebabkan ledakan di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Karena itu penting bagi kita untuk menghabiskan makanan secara bertanggung jawab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Dagang Defisit USD 2,5 Miliar, Ini Usul buat Pemerintah

Posted: 15 May 2019 10:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada April 2019 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit sebesar USD 2,50 miliar, atau yang terparah sepanjang sejarah.

Defisit neraca perdagangan tersebut melampaui Juli 2013 yang tercatat sebesar USD 2,33 miliar. Itu dipicu oleh faktor defisit sektor migas sebesar USD 1,49 miliar, dan non-migas senilai 1,01 miliar.

Menanggulangi hal tersebut, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira coba memberikan beberapa solusi. Salah satunya, dengan memperluas pasar ekspor ke berbagai negara seperti yang ada di kawasan Afrika Utara dan Eropa Timur.

"Perluasan pasar ekspor mutlak diperlukan untuk diversifikasi risiko perang dagang. Market seperti Afrika Utara dan Eropa Timur bisa didorong untuk serap kelebihan produksi ekspor," ujar dia kepada Liputan6.com, Kamis (16/5/2019).

Di samping itu, ia melanjutkan, pemerintah juga perlu menjaga gerak impor yang masuk ke Tanah Air. Hal itu dilakukan dengan cara mengendalikan impor barang konsumsi melalui pengawasan ketat di pintu-pintu masuk barang impor utama, termasuk pengawasan wajib Standar Nasional Indonesia (SNI).

Menyikapi hal tersebut, dia pun mendorong produk lokal agar mau bersaing dengan produk impor, khususnya yang berasal dari China.

"Itu bisa dengan peningkatan daya saing produk domestik untuk bersaing dengan produk impor asal China," imbuhnya.

Bhima juga menyoroti pengaturan porsi barang impor di sektor e-commerce. Dia menilai, mayoritas barang yang dijual di pasar e-commerce dalam negeri merupakan produk impor.

"Selama ini 97 persen barang yang ada di e-commerce adalah produk impor. Porsinya harus dirubah dengan regulasi 70 persen wajib produk dalam negeri," ungkap dia.

Indef: Perang Dagang Jadi Penyebab Defisit Terparah Sepanjang Sejarah

Sebuah kapal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Penyebab kinerja ekspor sedikit melambat karena dipengaruhi penurunan aktivitas manufaktur dan mitra dagang utama, seperti AS, China, dan Jepang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 mengalami defisit sebesar USD 2,50 miliar.

Itu dipicu oleh faktor defisit sektor migas sebesar USD 1,49 miliar, dan non-migas senilai 1,01 miliar.

Defisit neraca perdagangan tersebut merupakan yang terparah sepanjang sejarah, melampaui perolehan pada Juli 2013 lalu yang sebesar USD 2,33 miliar.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menilai, penyebab melebarnya defisit perdagangan pada April utamanya disebabkan oleh faktor perang dagang (trade war) antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Perang dagang yang membuat pertumbuhan ekonomi global melambat dikatakannya turut berpengaruh pada permintaan bahan baku dan barang stengah jadi dari Indonesia.

"Dalam rantai pasok global posisi Indonesia juga terimbas oleh perang dagang AS-China. Ekspor ke AS dan China bulan April masing-masing turun 5 persen dan 10 persen secara tahunan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (16/5/2019).

Dia menambahkan, perang dagang juga membuat harga komoditas unggulan masih rendah seperti harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), karet dan batubara, sehingga berdampak signifikan terhadap turunnya kinerja ekspor.

Di sisi lain, ia melanjutkan, negara-negara yang terlibat dalam perang dagang turut mengalihkan impor produksinya ke Indonesia.

Hal itu terlihat dari impor barang konsumsi sepanjang April yang meningkat 24 persen dibanding bulan sebelumnya. 

"Impor spesifik asal China tumbuh 22 persen secara tahunan. Kita makin bergantung pada barang dari impor untuk memenuhi kebutuhan khususnya jelang Ramadan dan Lebaran," ungkapnya.

"Pengaruhnya kinerja net ekspor pada kuartal II diperkirakan masih tumbuh negatif. Ekonomi sepanjang tahun akan terimbas pelemahan net ekspor. Outlook ekonomi 2019 hanya tumbuh 5 persen," dia menambahkan.

Bhima juga menyatakan, dampak perang dagang ke stabilitas jangka pendek tercermin dari pelemahan kurs rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Investor mengantisipasi memburuknya perang dagang dengan memindahkan aset berisiko tinggi ke aset rendah risiko. 

"Ini terlihat dari kenaikan yen Jepang terhadap dolar sebesar 2,26 persen, dan kenaikan dolar index 0,38 persen sebulan terakhir (RTI). Rupiah diperkirakan menyentuh level psikologis baru di Rp 14.700. Sementara IHSG di 5.800-5.900 hingga akhir kuartal II 2019," pungkasnya.

 

Neraca Dagang April Defisit USD 2,5 Miliar

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada April 2019 sebesar USD 2,50 miliar. Defisit dipicu defisit sektor migas dan non migas masing masing sebesar USD 1,49 miliar dan USD 1,01 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, defisit pada April tersebut merupakan terbesar sejak Juli 2013. Defisit yang hampir sama pernah terjadi pada Juli 2013 sebesar USD 2,33 miliar.

"Menurut data kami, yang sekarang ada, itu terbesar di Juli 2013 sekitar USD 2,33 miliar. Lalu April ini, sebesar USD 2,50 miliar," ujar Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Adapun pada April ekspor Indonesia naik sebesar 10,8 persen menjadi USD 12,6 miliar sedangkan impor naik lebih tajam sekitar 12,25 persen menjadi USD 15,1 miliar jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Penyebab defisit neraca perdagangan tersebut utamanya, disebabkan oleh defisit migas sebesar 2,76 miliar. Sedangkan non migas mengalami surplus sebesar USD 0,2 miliar.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap APBD, KPK Periksa Mantan Sekda Kota Malang

Posted: 15 May 2019 10:45 PM PDT

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Mantan Sekretaris Daerah Kota Malang Cipto Wiyono (kanan) tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Cipto Wiyono diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Malang TA 2015. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngabuburit Seru sambil Menikmati Keunikan Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Cirebon

Posted: 15 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Cirebon Jawa Barat memiliki kisah kehidupan bertoleransi antar umat beragama. Di balik itu masjid yang kerap disebut Masjid Merah itu juga memiliki keunikan.

Sunan Kalijaga selaku arsiteknya sukses membangun masjid ini dalam satu malam. Warga Cirebon mendengar kisah ini secara turun-temurun. Bahkan, pembangunan masjid dalam semalam juga tertuang dalam buku sejarah Babad Tanah Cirebon.

Bagaimana bisa? Dipercaya ini salah satu bukti kecerdasan Sunan Kalijaga. Namun, jika dilihat dari konstruksinya, bangunan utama Masjid Agung Sang Cipta Rasa ini terdiri dari tiang-tiang besar (berbahan kayu) yang disetel dengan pasak, tanpa paku. Terlebih banyak warga yang membantu dalam pengerjaannya, bisa jadi hal ini bukan isapan jempol semata.

Masjid cantik ini juga tak memiliki menara. Atapnya berbentuk limas, sedangkan mimbar salat Jumat berupa singgasana kayu yang antik. Tempat imam salat berupa batu putih dengan ornamen bunga teratai. Dekorasinya seperti akulturasi dengan budaya Hindu.

Tak itu saja deretan saf pertama dan saf terakhir masing-masing memiliki sekat berdinding kayu berukuran 2x2 meter. Sekat itu untuk tempat salat keluarga keraton.

Keunikan lainnya adanya sumur yang terletak di beranda bagian utara Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Namanya adalah Banyu Cis Sang Cipta Rasa.

Sumur yang berbentuk lingkaran itu juga disediakan kendi. Konon, dahulu sumur tersebut adalah tempat Sunan Kalijaga dan Sunan Gunungjati berwudu. Kini air dari sumur tersebut dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit dan memelihara kesehatan.

Satu lagi keunikan Masjid Agung Sang Cipta Rasa di Cirebon adalah tradisi Azan Pitu atau Azan Tujuh saat salat Jumat. Ya, azan salat Jumat di masjid ini dilantunkan oleh tujuh orang sekaligus.

Sumber: Times Indonesia

Saksikan video berikut di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Fakta Gaji ke-13 dan THR 2019 yang Akan Diterima PNS

Posted: 15 May 2019 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peraturan Pemerintah Tunjangan Hari Raya atau PP THR bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan aparatur negara lainnya sudah diteken oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. "PP-nya bapak Presiden sudah tanda tangani tadi," kata Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, 6 Mei 2019.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin juga sudah memastikan, THR PNS cair pada 24 Mei 2019. Dia menyebut penetapan waktu pencairan THR ini telah diputuskan dalam rapat terbatas.

Namun rupanya, tak hanya THR, PNS juga akan menerima gaji ke-13 pada pertengahan tahun ini.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Marwanto Harjowiryono mengatakan, pencairan THR dan gaji ke-13 akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk gaji 13 akan dicairkan saat memasuki tahun ajaran baru.

Berikut deretan fakta penerimaan THR dan gaji ke-13 PNS dihimpun Liputan6.com:

 

1. THR Sudah Diteken Jokowi

Presiden Jokowi saat akan memimpin Rapat Terbatas Evaluasi Proyek Strategis Nasional, Jakarta, Senin (16/4). Jokowi mengatakan proyek strategis nasional yang mulai dikerjakan pada 2018 agar segera dieksekusi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) mengenai pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan aparatur negara lainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin, 6 Mei 2019.

"PP-nya bapak Presiden sudah tanda tangani tadi," kata Sri Mulyani.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin memastikan THR PNS cair pada 24 Mei 2019. Dia menyebut penetapan waktu pencairan THR ini telah diputuskan dalam rapat terbatas.

"Itu sudah diputuskan, tanggal 24 (Mei)," ucap Syafruddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat 3 Mei 2019.

 

2. Disiapkan Uang Rp 20 Triliun Untuk THR

Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyiapkan anggaran Rp 20 triliun untuk Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2019. Pencairan THR PNS rencananya akan dilakukan pada 24 Mei.

"Untuk anggarannya total, kalau saya tidak salah Rp 20 triliun yang terdiri dari THR," ujar Sri Mulyani usai menghadiri DhawaFest di Gedung Dhanapala, Jakarta, Rabu, 8 Mei 2019.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian THR Kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan. PP ini ditandatangani pada pada 6 Mei 2019.

"PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan diberikan THR," bunyi Pasal 2 PP ini seperti dikutip dari laman Setkab.

PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, termasuk:

a. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri yang ditempatkan atau ditugaskan di perwakilan Republik Indonesia di luar negeri;

b. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi induknya;

c. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri yang diberhentikan sementara karena diangkat menjadi komisioner atau anggota lembaga nonstruktural;

d. PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri penerima uang tunggu; dan

e. Calon PNS.

PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri sebagaimana dimaksud, tegas PP ini, tidak termasuk PNS, Prajurit TNI, dan Anggota Polri yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara atau yang ditugaskan di luar instansi pemerintah baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasannya.

"THR bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan sebagaimana dimaksud yaitu sebesar penghasilan satu bulan pada dua bulan sebelum bulan Hari Raya," bunyi Pasal 3 ayat (1) PP ini.

 

3. PNS Dapat Gaji ke-13

Cara Menghitung THR (sumber: iStockphoto)

Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) pada 24 Mei. Selanjutnya, PNS juga akan menerima gaji ke-13 pada pertengahan tahun ini.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Marwanto Harjowiryono, mengatakan bahwa pencairan THR dan gaji ke-13 akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Untuk gaji 13 akan dicairkan saat memasuki tahun ajaran baru.

"Gaji ke-13 kan diberikan nanti menjelang tahun ajaran baru, jadi apa itu. Iya (Juli) itu," kata dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 8 Mei 2019.

Pemerintah pun telah menyiapkan anggaran yang lebih besar mengingat gaji PNS mengalami kenaikan sebesar 5 persen tahun ini.

Marwanto membenarkan ada penambahan anggaran THR dan gaji ke-13 di 2019. Di mana, masing-masing anggaran bonus itu akan dicairkan sebesar Rp 20 triliun.

"Iya (THR) Rp 20 triliun, gaji ke-13 juga sama Rp 20 triliun," ujar dia.

Dengan demikian jika dibandingkan dengan pencairan THR dan gaji ke-13 tahun lalu, maka secara keseluruhan mengalami kenaikan sekitar Rp 4,24 triliun. Sebab, pada 2018 tercatat, pemerintah menganggarkan dana Rp 35,76 triliun untuk THR dan gaji ke-13.

 

4. Gaji ke-13 PNS Sudah Diteken Jokowi

Ketika Anda mengajukan KPR ke bank catatan keuangan Anda istilahnya harus bersih dari noda utang, keuangan Anda harus sehat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas PP Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan. PP tersebut ditandatangani pada 6 Mei 2019.

Dalam PP itu disebutkan, gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan diberikan sebesar penghasilan pada bulan Juni.

"Dalam hal penghasilan pada bulan Juni sebagaimana dimaksud belum dibayarkan sebesar penghasilan yang seharusnya diterima karena berubahnya penghasilan, kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan penghasilan ketiga belas," bunyi Pasal 3 ayat (2) PP ini, seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (10/5/2019).

Penghasilan sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, diberikan bagi:

a. PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara paling sedikit meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan paling banyak meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja;

b. Penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan; dan

c. Penerima tunjangan menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Penghasilan sebagaimana dimaksud tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi Pasal 3 ayat (5) PP ini.

Penghasilan sebagaimana dimaksud, menurut PP ini, dikenakan pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan ditanggung pemerintah.

Dalam hal PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, dan Penerima pensiun atau tunjangan sekaligus sebagai Penerima pensiun janda/duda atau Penerima tunjangan janda/duda, menurut PP ini, maka diberikan penghasilan ketiga belas sekaligus penghasilan ketiga belas Penerima pensiun janda/duda atau Penerima tunjangan janda/duda.

PP ini menegaskan, Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara diatur dengan Peraturan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan.

Sementara ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah diatur dengan Peraturan Daerah.

"Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal II Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2019 yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada 6 Mei 2019.

 

5. Dipastikan Tepat Waktu

Presiden Jokowi (kiri) bersama Wapres Jusuf Kalla (kanan) saat akan mengumumkan keterangan terkait THR di Jakarta, Rabu (23/5). THR dan gaji ke-13 juga diberikan kepada para pensiunan, PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mengenai Tunjangan Hari Raya (THR), Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hadi Prabowo menegaskan, pemerintah akan membayarkan dana (THR) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), baik di pemerintah pusat maupun di pemerintah daerah. Hal itu akan jatuh pada tanggal 24 Mei 2019. Pemerintah juga akan membayarkan gaji ke-13 pada Juni 2019.

Penegasan itu disampaikan Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo kepada wartawan, di ruangan Persroom Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Kemendagri juga didampingi Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Syarifudin, Kepala Biro Hukum Kemendagri R. Gani Muhamad, dan Kapuspen Kemendagri Bahtiar.

"Menggarisbawahi apa yang menjadi kebijakan Pemerintah untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 tahun ini, sudah ada ketentuan yang telah diterbitkan, baik itu Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2019 maupun Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2019 bahwa THR akan dibayarkan tepat pada waktunya. Seperti apa yang diharapkan Pak Presiden, pada tanggal 24 Mei 2019, sebelum Hari Raya Idul Fitri semua akan dapat direalisasikan," kata Hadi Prabowo.

Sekjen Kemendagri menambahkan, petunjuk teknis terkait pembayaran THR terhadap ASN di pemerintah daerah akan diterbitkan Ditjen Bina Keuangan Kemendagri pada hari Rabu, 15 Mei 2019 ini. Hal ini terkait dengan pencairan dana yang dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Karena memang daerah inilah yang terbeban pada APBD sehingga hari ini akan diterbitkan surat edaran dengan didasarkan pada peraturan kepala daerah yang lebih khusus sehingga tidak ada permasalahan seperti tahun-tahun kemarin. Baik itu yang menyangkut pembayaran THR maupun pemberian gaji ke-13 yang juga akan direalisasikan pada bulan Juni tahun 2019," ujar Hadi Prabowo.

Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri menegaskan, pada intinya Pemerintah sudah memberikan kepastian bahwa gaji ke-13 maupun THR bisa dibayarkan tepat waktu.

Terkait APBD 2019, Kemendagri telah menerbitkan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 mengenai pedoman penyusunan APBD Tahun 2019.

"Di dalam peraturan itu Pemda sudah diminta untuk menyediakan anggaran gaji ke-13 dan THR. Artinya, dengan pengaturan itu kita harapkan daerah seyogyanya sudah menganggarkan di dalam APBD-nya untuk gaji ke-13 ini," katanya.

Seandainya Pemda belum menganggarkan atau sudah menganggarkan tapi tidak cukup dana untuk membayarkan THR dan gaji ke-13 maka sesuai Permendagri ini karena sifatnya kebutuhan mendesak, penyediaan dananya dapat melalui perubahan penjabaran APBD tanpa menunggu perubahan APBD 2019.

"Karena itu, kita harapkan dengan keluarnya PP Nomor 35 Tahun 2019 dan PP Nomor 36 Tahun 2019 ini tidak ada daerah lagi yang merasa kesulitan di dalam penyediaan anggaran," tuturnya.

Karo Hukum Kemendagri menambahkan terbitnya PP Nomor 35 Tahun 2019 dan PP Nomor 36 Tahun 2019 ini akan memberikan kepastian hukum bagi daerah untuk mencairkan anggaran THR dan gaji ke-13 karena sudah dananya diakomodasi dalam APBD. "Jadi, diharapkan sudah tidak ada lagi polemik seperti tahun-tahun kemarin," tuturnya.

Menanggapi pertanyaan wartawan tekait sanksi kepada kepala daerah yang tidak mau menganggarkan maupun mencairkan dana THR, Sekjen Kemendagri menegaskan, ada sanksinya aturan yang berlaku.

"Pasti ada sanksinya karena ini kebijakan nasional dan ini dalam rangka peningkatan kesejahteraan PNS, TNI, Polri dan para pensiunan.Sehingga ini harus dilaksanakan dengan benar, sanksinya sesuai dengan PP Nomor 12 Tahun 2017, itu sanksinya ada tahapan dimulai dari teguran satu, dua dan tiga dan sebagainya," tuturnya.

Sekjen Kemendagri juga mengatakan, pihaknya membuka pengaduan kalau ada PNS di daerah yang belum menerima THR.

"Namun perlu diingat dalam PP Nomor 35 dan PP Nomor 36 Tahun 2019 ini juga diatur kalau dana belum siap sebelum lebaran, maka ini harus dibayar setelah lebaran. Ini hukumnya wajib. Tapi, kita harapkan semua daerah dapat merealisasikan sebelum lebaran," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Densus 88 Antiteror Tangkap Teroris Alumni ISIS

Posted: 15 May 2019 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sembilan terduga teroris ditangkap pasukan Densus 88 antiteror di tiga tempat berbeda; Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung. Tujuh di antara yang tertangkap adalah alumni kelompok ISIS di Suriah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Dermatitis Atopik, Penyakit Kulit yang Serang Baby Ryu

Posted: 15 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dermatitis atopik saat ini sedang ramai diperbincangkan di dunia maya. Hal itu lantaran ada seorang pria dengan akun Instagram @papeeryuzio berbagi sebuah pengalaman pahit tentang penyakit Dermatitis Atopik yang menyerang bayinya.

Bayi bernama Ryu menderita dermatitis atopik yang menurut sang ayah dipicu oleh tangan-tangan yang mencubit pipi anaknya saat sedang hadir dalam suatu acara. Pria tersebut begitu marah dengan kejadian yang menimpa anaknya.

Pria ini menjadi geram karena pipi anaknya mengalami luka dan sedih melihat putra kesayangannya harus tersiksa menahan rasa gatal sekaligus sakit.

Efek cubitan yang diperkirakan pria itu sebagai awal mula munculnya dermatitis atopik di pipi anaknya menjadi pro kontra di dunia maya. Banyak yang membenarkan tapi banyak juga yang menyanggahnya dengan alasan medis dari para dokter yang ikut mengomentari.

Pro kontra penyakit ini menimbulkan pertanyaan apa sebenarnya dermatitis atopik itu? Seperti dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut 5 fakta soal dermatitis atopik, Kamis (16/5/2019).

Sanggahan Dokter

Fakta Seputar Dermatitis Atopik (sumber: iStockphoto)

Pro kontra penyebab dermatitis atopik karena cubitan orang-orang pada pipi bayi mendapatkan perhatian dokter. Salah satuya dari akun Instagram @dokterkulitkucom.

Pada akun tersebut menjelaskan bahwa dermatitis atopik sebenarnya ialah penyakit keturunan. Dan apabila ditanya tentang orang lain tidak boleh memegang pipi bayi, jawabannya itu hak orang tua untuk melarang.

Namun yang perlu diluruskan, dermatitis atopik bukan karena dipegang pipinya, melainkan karena efek terlalu bersih. Ternyata terlalu bersih juga tidak bagus bagi bayi.

Pasalnya, tubuh bayi akan rentan terserang alergi bila tidak dibiasakan untuk lakukan hal-hal kotor. Hal-hal kotor yang dimaksud ialah kotor yang semestinya.

Hal ini disarankan, agar orang tua tidak terlalu protektif tentang terlalu bersih. Karena terlalu bersih juga bisa sebabkan hal buruk.

Kulit akan lebih sensitif dibanding kulit-kulit lainnya. Pencerahan dari akun tersebut menjadi jawaban bahwa dermatitis atopik bisa muncul karena kebiasaan terlalu bersih.

1. Apa itu Dermatitis Atopik?

Fakta Seputar Dermatitis Atopik (sumber: iStockphoto)

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Matahari Arsy, dermatitis atopik adalah penyakit kulit (eksim) yang berulang. Ini ditandai dengan ruam-ruam merah.

Kemunculan dermatitis atopik bisa juga dipengaruhi sistem kekebalan tubuh bayi. Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh lebih sensitif dibandingkan usia lain.

Ruam atau bercak-bercak merah pada bayi yang mengalami dermatitis atopik terletak pada pipi, dada, siku , dan lutut, terutama di lipatan-lipatan. Area tersebut yang seringkali bergesekan dengan anggota tubuh bayi lain, seperti tangan bayi.

2. Apa penyebabnya?

Fakta Seputar Dermatitis Atopik (sumber: iStockphoto)

Menurut para peneliti, penyakit dermatitis atopik disebabkan oleh alergi. Alergi memang kerap kali menjumpai anak-anak kecil.

Alergi ini bisa dipicu dari sabun, deterjen, stres, kelembapan rendah, alergi musiman, serta cuaca yang dingin.

Selain karena alergi, faktor yang menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit dermatitis atopik ialah riwayat kepribadian, memiliki ras Afrika, memiliki gangguan hiperaktif serta kebiasaan yang diterapkan orangtuanya.

3. Gejala Dermatitis Atopik

Fakta Seputar Dermatitis Atopik (sumber: iStockphoto)

Penyakit dermatitis atopik memiliki gejala-gejala sebagai berikut.

- Akan merasakan gatal yang memuncak pada malam hari.

- Akan ada bagian kulit yang berwarna merah hingga abu kecoklatan. 

- Muncul benjolan kecil dan timbul di kulit yang merasa gatal.

- Kulit yang tebal, kering dan pecah-pecah.

- Kulit yang lecet, sensitif, dan bengkak akibat digaruk.

- Mengalami ruam pada lipatan sikut atau lutut.

 

4. Cara Antisipasi

Fakta Seputar Dermatitis Atopik (sumber: iStockphoto)

Cara antisipasi terhadap penyakit ini ialah lakukan diagnosis. Cara diagnosis untuk dermatitis atopik cukup sederhana. Dokter kulit akan lakukan diagnosis dengan memeriksa penampilan kulitmu.

Dokter akan memeriksa apakah kamu merasak sakit saat area kulit disentuh. Serta dokter akan melakukan tes mata untuk melihat apakah mata Anda terpengaruh.

Sebenarnya diagnosis penyakit ini bisa dilakukan sendiri dengan memahami gejala yang dialami. Sehingga ketika yakin barulah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan cara mengobatinya. 

Tips agar terhindar dari penyakit ini ialah membiasakan diri untuk tidak terlalu bersih, terutama perlakuan terhadap bayi karena akan membuat sistem ketahanan tubuhnya gampang terifeksi. Kamu juga harus membiasakan diri menghindari pemicu munculnya penyakit ini seperti pemilihan sabun yang tepat, deterjen yang sesuai, tidak alami terlalu stres, hingga perhatikan kelembapan rendah dari ruangan yang sering kamu pakai.

5. Cara mengobatinya

Fakta Seputar Dermatitis Atopik (sumber: iStockphoto)

Apabila sudah terkena penyakit ini maka yang harus dilakukan ialah:

1. Membalut area yang terinfeksi dengan topical corticosteroids dan perban basah.

2. Menggunakan emolien atau pengobatan agar melembapkan kulit yang kering.

3. Mengoleskan topical corticosteroids untuk mengurangi pembengkakan pada kulit yang memicu kemerahan dan gatal-gatal.

4. Lakukan terapi cahaya dengan ultraviolet A (UVA) buatan atau narrow band UVB untuk mengobati kulit Anda.

5. Catat daftar pemicu Dermatitis Atopik dan pastikan kamu tidak menggunakannya. Konsultasikan dengan dokter terkait pemicu penyakit ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selesai Wamil, Taecyeon 2PM Gugup Berhadapan dengan Kamera

Posted: 15 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Taecyeon 2PM telah kembali dari wajib militer yang telah ia jalani sejak 2017 lalu.

Pada Kamis (16/5/2019) di Ilsan, Taecyeon akhirnya menyelesaikan tugas wamilnya sebagai sersan di militer Korea Selatan. Di sana, ia disambut oleh anggota termuda 2PM yaitu Chansung.

Taecyeon 2PM berkata ia sangat gelisah tentang kepulangannya dari wamil ini. "Saya tidak dapat tidur dengan tenang. Saya gugup. Ini adalah pertama kalinya saya berhadap banyak kamera setelah sekian lama, jadi saya tidak yakin bagaimana tampilan saya sekarang," tuturnya, seperti dilansir dari Soompi.

Taecyeon 2PM juga menambahkan, "Saya mendengar terompet berbunyi tadi pagi sebagai alarm pagi, saya masih tidak percaya saya sudah menyelesaikan wamil."

 

Kangen 2PM

Taecyeon 2PM (Twitter/ taeccool)

"Pertama saya ingin berterima kasih kepada fans yang telah menunggu saya. Saya tidak tahu akan ada orang sebanyak ini yang akan datang. Saya janji saya akan segera kembali dengan sesuatu yang bagus," ucap Taecyeon kepada para fans.

Saat ditanya hal apa yang paling ingin ia lakukan, Taecyeon berkata ingin bertemu member 2PM. "Saya ingin bertemu member 2PM. Dua dari mereka sedang wamil, dan saya sangat merindukan member lainnya. Saya harap para member dapat berkumpul secepatnya."

 

Rindu Twice

TWICE (Foto: Twitter/JYPETWICE)

Taecyeon juga berterima kasih kepada Twice dan menunjuk mereka sebagai girl group yang paling ia rindukan, "Sangat sulit untuk bertemu dengan mereka karena jadwal. Tapi mereka masih mengirimkan saya video. Saya sangat berterima kasih."

Taecyeon menjalani tugas wamilnya selama kurang lebih dua tahun. Walau telah berpisah dengan JYP Entertainment, ia tetap dijadwalkan akan menjalani aktivitasnya kembali sebagai member 2PM. Ia juga akan kembali menjadi aktor setelah teken kontrak dengan 51K Entertainment pada Juli 2018 lalu.

(Natasha Liana/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Saksi Kasus Makar Eggi Sudjana, Kivlan Zen Datangi Polda Metro

Posted: 15 May 2019 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayjen TNI Purnawirawan Kivlan Zen mendatangi Gedung Direktorat Reserse Kiriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya.

Kedatangannya guna diperiksa sebagai saksi atas kasus dugaan makar yang menjerat caleg Partai Amanat Nasional (PAN) Eggi Sudjana.

"Pak Kivlan datang sebagai saksi untuk Bang Eggi Sudjana," ujar kuasa hukum Kivlan Zen, Pitra Romadoni Nasution di Polda Metro Jaya, Kamis (16/5/2019).

Pitra mengatakan, Kivlan sudah datang sekitar pukul 10.00 WIB. Saat ini Kivlan masih menjalani pemeriksaan di ruang Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

"Datang karena dia kooperatif dan menghormati proses hukum," ucapnya.

Penahanan Eggi Sudjana

Eggi Sudjana saat menghadiri aksi damai di depan gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2019). Pada aksinya mereka melaporkan kecurangan pemilu yang merugikan Capres dan Cawapres 02 dan menuntut Bawaslu untuk tetap netral. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Polisi menahan Eggi Sudjana terkait kasus dugaan makar yang membelitnya. Pengacara itu tetap ditahan selama 20 hari sejak Selasa 14 Mei meski menolak menandatangani surat perintah penahanan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membenarkan penahanan tersebut. Dia menegaskan, penahanan berdasarkan Surat Perintah Penahanan Nomor: SP.HAN/587/V/2019/Ditreskrimum, tanggal 14 Mei 2019 itu sesuai prosedur.

"Tersangka dilakukan penahanan dengan diawali membacakan Surat Perintah Penahanan oleh penyidik dan dipersilakan membaca Surat Perintah Penahanan tersebut," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (15/5/2019).

Argo mengatakan, Eggi mulai menghuni sel di Rumah Tahanan Polda Metro Jaya sekitar pukul 23.00 WIB. Dia tetap dijebloskan ke tahanan meski menolak.

"Tersangka tidak mau menandatangani Surat Perintah Penahanan dan Berita Acara Penahanan," pungkasnya.

Polda Metro Jaya telah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar. Penetapan tersangka itu dilakukan setelah penyidik Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengumpulkan bukti-bukti dan melakukan gelar perkara.

Eggi dipersangkakan Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 ttg Peraturan Hukum Pidana.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BSSN Imbau Pengguna WhatsApp Segera Perbaru Aplikasi

Posted: 15 May 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) langsung menerbitkan imbauan untuk para pengguna WhatsApp menyusul ditemukannya spyware yang menyerang aplikasi chatting tersebut.

Melalui akun Twitternya, BSSN mengingatkan agar para pengguna segera memperbarui aplikasi WhatsApp di perangkatnya. Hal ini dilakukan karena adalah celah keamanan Remote Code Execution (RCE).

"Celah keamanan Remote Code Execution (RCE) CVE-2019-2568 pada WhatsApp memungkinkan penyerang mengeksploitasi fungsi panggilan telepon dan menginstalasi malware secara remote. Segera update aplikasi WhatsApp," tulis akun @BSSN_RI.

Lewat Twitter pula, BSSN mengunggah informasi mengenai spyware yang kini sedang menyerang WhatsApp.

Sekadar informasi, spyware sendiri merupakan software yang terpasang di perangkat secara diam-diam untuk memonitor aktivitas hingga mencuri informasi penting dari objek serangan.

Untuk kasus WhatsApp, serangan spyware ini menyusup melalui panggilan telepon ke perangkat korban. Meski tidak diangkat, peretas ternyata tetap mampu memasukkan dan memasang malware ke perangkat korban.

"Meski panggilan berasal dari nomor tidak dikenal dan tak sempat diangkat, target bisa saja tidak menyadarinya karena malware dapat secara otomatis menghapus riwayat panggilan" tulis akun BSSN lebih lanjut.

Cuma Lewat Panggilan WhatsApp, Peretas Bisa Kuasai Smartphone Korban

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Celah keamanan pada WhatsApp dimanfaatkan oleh aktor jahat untuk menyebarkan software mata-mata. Belakangan, teridentifikasi spyware tersebut merupakan besutan NSO Group.

Sebagaimana dilaporkan oleh Financial Times, si penjahat siber bisa memasang software jahat itu di smartphone hanya dengan cara menelepon korban melalui panggilan WhatsApp.

Mengutip laman Business Insider Singapura, Rabu (15/5/2019), rupanya tanpa diangkat oleh korbannya, panggilan telepon tersebut bisa membuat si peretas menguasai smartphone korban.

Hal ini bisa dilakukan tanpa diketahui oleh korban. Pasalnya, si peretas dapat langsung menghapus riwayat panggilan mereka dari perangkat korban.

Jika cara ini sukses, seluruh data-data --termasuk data pribadi-- yang ada di dalam smartphone korban bisa dikuasai. Mulai dari riwayat panggilan sampai data lokasi.

Sejauh ini, tidak diketahui berapa banyak pengguna WhatsApp yang menjadi korban peretasan ini.

Meski begitu, NSO Group kalau pihaknya terkait dengan peretasan WhatsApp. Namun demikian, hal ini tak menghalangi kemungkinan ada aktor lain yang memakai produk-produk NSO Group untuk mengeksploitasi celah keamanan WhatsApp.

Tanggapan WhatsApp

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Kepada Financial Times, perwakilan WhatsApp mengatakan, serangan tersebut "memiliki semua keunggulan perusahaan swasta yang dikenal bekerja dengan pemerintah, lewat spyware yang mampu mengambil alih fungsi OS smartphone."

Dalam pernyataan terpisah, WhatsApp malah hanya meminta pengguna untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Aplikasi versi terbaru diketahui telah memberikan patch keamanan yang menambal celah tersebut.

"WhatsApp mendorong pengguna untuk meng-update aplikasi ke versi terbaru serta memastikan OS smartphone-nya tetap mutakhir untuk melindungi potensi eksploitasi yang ditargetkan," kata WhatsApp dalam pernyataannya.

Perusahaan juga menyebut, pihaknya terus bekerja sama dengan mitra industri untuk memberikan peningkatan keamanan terbaru untuk melindungi para penggunanya.

(Dam/Ys)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

25 Ribu Peserta Ikut Seleksi Sekolah Kedinasan Kemenhub

Posted: 15 May 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan Tahun 2019 Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai digelar pada Rabu, 15 Mei 2019, kemarin. SKD tersebut diselenggarakan secara serentak hingga 19 Mei 2019 di 39 titik lokasi di seluruh Indonesia dengan total peserta sebanyak 25.245 orang.

Sekretaris Utama (Sestama) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Supranawa Yusuf menyampaikan kepada para peserta untuk dapat mengambil hikmah suasana Ramadan yang dapat menginspirasi setiap peserta.

Yusuf menyatakan, peserta harus tetap fokus dan tidak tegang meskipun berpuasa, sehingga dapat berkonsentrasi dalam menjawab soal ujian.

 

"Berkah di bulan Ramadan, semoga seluruh peserta dapat menyelesaikan SKD dengan mudah, mendapatkan nilai bagus dan lulus," kata dia di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono menjelaskan, tes SKD Sekolah Kedinasan menuntut peserta agar selalu siap dan yakin dalam menghadapi tugas atau ujian. Karena para peserta yang lolos seleksi hingga akhir diharapkan dapat menjadi agen perbaikan di Kementerian Perhubungan.

Selain itu Djoko juga menegaskan bahwa dalam mengikuti SKD Sekolah Kedinasan, segala bentuk kecurangan itu sangat dilarang.

"Yakin pada diri sendiri dan menangkan setiap tes, kemudian kita akan jadi tim bersama," ungkap dia.

SKD Sekolah Kedinasan Tahun 2019 menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN, yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan sebanyak 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Peserta harus memenuhi nilai ambang batas untuk dapat melaju ke tahapan selanjutnya, yaitu TWK 75 poin, TIU 80 poin, dan TKP 143 sesuai dengan Pemeraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2019.

STAN Jadi Sekolah Kedinasan Favorit Pendaftar

Sistem tes seleksi CPNS berbasis online merupakan terobosan baru dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN), (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Pendaftaraan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur sekolah kedinasan akan ditutup pada 30 April 2019, besok. Hingga saat ini, sebanyak 232.739 pemilih yang telah menentukan sekolah dari 287.579 jumlah akun yang terdaftar.

Berdasarkan data Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), sekolah kedinasan yang paling banyak pendaftar adalah PKN STAN milik Kementerian Keuangan dengan jumlah pendaftar mencapai 125.418 orang. Sementara pada terbanyak kedua yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dibawah naungan Kementerian Dalam Negeri sebanyak 38.763 calon taruna.

Kemudian, posisi ketiga ditempati Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) milik Badan Pusat Statistik (BPS) dengan jumlah pendaftar 15.075 orang.

 

Selanjutnya, sekolah kedinasan yang ramai dibidik pendaftar antara lain Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Bekasi milik Kementerian Perhubungan dengan jumlah pelamar sebesar 10.950 orang, Politeknik Imigrasi (Poltekim) milik Kementerian Hukum dan HAM dengan pendaftar sebanyak 7.364 orang, dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) milik Kementerian Hukum dan HAM dengan jumlah pendaftar 6.611 orang.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mudzakir mengatakan, para pendaftar yang belum menyelesaikan proses pendaftaran sampai tahap akhir untuk dapat segera menuntaskan. Waktu pendaftaran ini maish

"Masih ada waktu untuk mendaftar sampai besok. Untuk yang belum membuat akun atau pun belum menentukan sekolah dapat segera menyelesaikan pendaftaran," ujar Mudzakir di Jakarta, Senin (29/4/2019).

Sesuai dengan pengumuman nomor B/393/S.SM.01.00/2019 tentang Penerimaan Calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga (K/L) yang Mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan Tahun 2019, ada 19 pendidikan tinggi kedinasan di 8 K/L yang membuka kesempatan bagi generasi muda yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi.

Sebanyak 9.176 kursi dibuka untuk calon siswa-siswi. Adapun waktu pendaftaran berlangsung sejak 9 hingga 30 April 2019.

Kedelapan K/L yang membuka penerimaan siswa‐siswi/taruna‐taruni baru itu, yakni Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber dan Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika STIS), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi).

Lebih lanjut, Mudzakir mengimbau agar para pendaftar sekolah kedinasan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan dari oknum yang menjanjikan kelulusan dengan memberikan sejumlah uang.

"Jika ada oknum yang menjanjikan lulus dan meminta bayaran, segera laporkan kepada kami," pungkas Mudzakir.

Penerimaan PPPK Tahap 2 Dibuka Setelah Juni 2019

Ilustrasi tes CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pembukaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahap 2 akan dibuka setelah Juni 2019. 

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mengatakan, penerimaan PPPK tahap 2 akan dilakukan setelah proses penerimaan Sekolah Kedinasan dan CPNS Papua selesai dilakukan.

"Saya masih menyelesaikan sekolah kedinasan dan Papua dulu. (Juni) Mungkin setelah itu," ujar dia di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

 Namun demikian, lanjut dia, jadwal penerimaan PPPK tahap 2 masih sesuai dengan target yang ditetapkan. ‎

‎"Masih (sesuai target). Masih ada dua, setelah Papua masih ada PPPK dan (penerimaan) PNS," kata dia.

Sementara untuk proses pembekasan PPPK tahap 1, Bima menyatakan hal tersebut masih terus berlangsung. Hal ini sambil menunggu perhitungan kebutuhan anggaran dari masing-masing daerah untuk membayar gaji PPPK tersebut.

"Sudah tetapi belum selesai semua ya karena harus menghitung di masing-masing daerah untuk memastikan P3K nya itu bisa dibayar," tandas dia.

FHK2 PGRI Perjuangkan Guru Honorer Swasta Jadi PNS

Pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun secara online dapat dapat meminimlisir terjadinya praktek pungutan liar.

Pemerintah telah memberi kesempatan bagi tenaga honorer untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau disebut PNS dengan membuka dua kali tahapan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2019.

Pada tahap pertama seleksi PPPK, pegawai honorer kategori 2 atau K2 menjadi prioritas, terutama untuk formasi tenaga pendidik atau guru.

Pengurus Pusat Forum Honorer K2 Persatuan Guru Republik Indonesia (FHK2 PGRI), Riyanto Agung Subekti, mengapresiasi upaya pemerintah yang sudah mau peduli terhadap jasa tenaga honorer.

 

Namun, ia mencermati, masih banyak kaum honorer yang harus diperjuangkan lantaran belum bisa tergapai oleh perekrutan ini.

"Sekarang kami terima kasih juga kepada pemerintah, teman-teman sudah di-PNS-kan. Ada yang di-PPPK-an. Sisanya ini yang belum punya status yang harus diperjuangkan terus. Kesejahteraannya masih di bawah standar hidup layak," ungkap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (2/5/2019).

Pria yang akrab disapa Itong ini menyampaikan, FHK2 akan terus memperjuangkan rekan-rekan guru honorer yang belum terfasilitasi untuk menjadi PNS atau ASN lewat seleksi PPPK. Khususnya yang berstatus sebagai guru swasta.

"Kami akan tetap fokus berjuang pada teman-teman yang belum ter-cover. Terutama mengenai status dan kesejahteraan teman-teman yang jadi guru swasta juga," seru dia.

Itong berharap, pemerintah tidak menutup mata terhadap guru honorer swasta yang juga telah berjasa dalam mencerdaskan generasi muda bangsa.

"Kebetulan kami ini bekerja di instansi pemerintah. Tapi kami akan terus merangkul kepada guru-guru yang ada di lembaga swasta, seperti yayasan, PAUD, itu juga harus diperjuangkan (jadi PNS)," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hadiri KTT Paris, Wapres JK Disambut Presiden Macron

Posted: 15 May 2019 10:32 PM PDT

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) menyambut Wapres Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). KTT Paris: Ekstremisme Online bertema 'Christchurch Call to Action'. (REUTERS/Philippe Wojazer)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) menyambut Wapres Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). KTT Paris: Ekstremisme Online bertema 'Christchurch Call to Action'. (REUTERS/Philippe Wojazer)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) menyambut Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). Forum ini membahas pencegahan terorisme melalui penggunaan dunia digital. (REUTERS/Philippe Wojazer)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) menyambut Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). Forum ini membahas pencegahan terorisme melalui penggunaan dunia digital. (REUTERS/Philippe Wojazer)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) foto bersama Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). Selain Jusuf Kalla, sejumlah pemimpin dunia lainnya juga turut menghadiri forum ini. (REUTERS/Philippe Wojazer)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (kanan) foto bersama Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla saat menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). Selain Jusuf Kalla, sejumlah pemimpin dunia lainnya juga turut menghadiri forum ini. (REUTERS/Philippe Wojazer)

Wapres Jusuf Kalla bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Selandia Baru Jacinda Ardern, PM Kanada Kanada Justin Trudeau, Raja Jordania Abdullah II dan sejumlah pemimpin dunia menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). (CHARLES PLATIAU/AFP)

Wapres Jusuf Kalla bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Selandia Baru Jacinda Ardern, PM Kanada Kanada Justin Trudeau, Raja Jordania Abdullah II dan sejumlah pemimpin dunia menghadiri KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). (CHARLES PLATIAU/AFP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (dua kiri) berbicara dalam KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). KTT Paris: Ekstremisme Online diselenggarakan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Selandia Baru Jacinda Ardern. (CHARLES PLATIAU/AFP)

Presiden Prancis Emmanuel Macron (dua kiri) berbicara dalam KTT Paris: Ekstremisme Online di Istana Elysee, Paris, Prancis, Rabu (15/5/2019). KTT Paris: Ekstremisme Online diselenggarakan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan PM Selandia Baru Jacinda Ardern. (CHARLES PLATIAU/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Hal yang Dibicarakan 8 Kepala Daerah dan Tokoh Muda di Istana Bogor

Posted: 15 May 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Sebanyak delapan kepala daerah dan tokoh muda bangsa pada Rabu sore, 15 Mei kemarin menggelar pertemuan di Museum Kepresidenan, Istana Bogor, Jawa Barat. Mereka menyerukan kembali rekonsiliasi di tengah masyarakat usai Pemilu 2019.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (16/5/2019), para kepala daerah yang hadir antara lain, Walikota Bogor Bima Arya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur NTB Zulkifli Mansyah, dan Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Nampak hadir pula Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany. Sementara itu, Yenny Wahid dan Agus Harimurti Yudhoyono mewakili tokoh muda.

Pertemuan membicarakan kondisi bangsa, usai pemilu serentak 17 April lalu. Mereka meminta masyarakat untuk kembali menjalin persatuan serta kedamaian sambil menunggu proses tahapan pemilu berakhir pada 22 Mei.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkat John Wick 3, Halle Berry Berani Hadapi Penjahat

Posted: 15 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Film laga John Wick 3 yang berjudul resmi John Wick: Chapter 3 - Parabellum, tengah diputar di bioskop Indonesia. Banyak artis besar bermunculan dalam film tersebut, salah satunya Halle Berry.

Dalam film John Wick 3 ini, Halle Berry berperan sebagai Sofia, seorang pembunuh yang merupakan teman dekat John Wick.

Halle Berry telah memainkan banyak peran selama kariernya, tetapi ia mengaku tidak pernah mengeluarkan seluruh kemampuannya seperti yang ia lakukan dalam pembuatan film John Wick 3.

Wanita 52 tahun ini mengatakan ia tidak pernah melakukan latihan aksi seperti ini sepanjang kariernya.

"Pelatihan seperti ini sama sekali tidak pernah saya alami sepanjang karier saya - dan saya pernah membuat beberapa film aksi sebelumnya," ujar Halle Berry.

Dapat Keahlian Baru

John Wick 3 (Lionsgate)

"Setelah saya melihat John Wick 2, saya mempelajari bagaimana mereka melakukan ini," kata Berry saat mempromosikan film di New York City.

"Jadi saya tahu betapa sulitnya itu. Berada dalam film ini merupakan suatu perubahan hidup. Saya tidak berpikir saya pernah bekerja lebih keras atau lebih lama untuk mempersiapkan adegan dalam film."

Dalam persiapan adegannya dalam film, pemenang Oscar ini mendapatkan keahlian baru selama latihan.

"Saya belajar beberapa bagian Jiu Jitsu, saya belajar cara menembakkan pistol. Saya belum pernah bekerja dengan senjata api seperti itu sebelumnya."

"Saya juga menjadi pelatih anjing," lanjutnya.

 

Siap Hadapi Kriminal

John Wick 3 (Lionsgate)

Dari hasil wawancara yang dikutip dari People (15/5/2019), pelatihan yang dilakukan pemeran film Cat Woman ini sangatlah berguna bagi kehidupannya sehari-hari untuk pertahanan diri. Bahkan ia mengaku siap menghadapi kriminal yang mengancam dirinya. 

"Saya tidak memiliki sabuk hitam atau apa pun - saya tidak mendapatkan sabuk apa pun dari pelatihan ini. Tapi saya akan memberi tahu Anda: Jika seseorang berpikir untuk merampas dompet saya di jalan, mereka lebih baik berpikir lagi sebelum melakukan itu," kata Halle Berry.

 

(Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bali United Vs Persebaya Surabaya di Indosiar

Posted: 15 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Gianyar - Bali United menjamu Persebaya Surabaya pada laga pekan perdana Shopee Liga 1 2019, Kamis (16/5/2019) di Stadion Dipta, Gianyar. Laga ini akan disiarkan langsung oleh Indosiar.

Persebaya datang ke Gianyar dengan modal bagus di musim lalu. Bajul Ijo -julukan Persebaya- menang telak 5-2 atas Bali United.

Namun Persebaya tetap patut waspada. Nakhoda Bali United kini berada di tangan Stefano Teco, pelatih yang sukses membawa Persija Jakarta juara di musim lalu.

Selain itu, Persebaya juga datang tanpa dua pemain asing andalan, Amido Balde dan Otavio Dutra. Keduanya absen karena cedera.

Di sisi Bali United, Teco menuturkan timnya sudah siap 100 persen meladeni Persebaya di pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Ia juga memastikan, Bali United tak akan terpengaruh dengan absennya dua pemain asing Persebaya.

Berikut Jadwal Bali United vs Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2019.

Jadwal Bali United Vs Persebaya

Bali United vs Persebaya Surabaya

Pukul: 20:30 WIB

Stadion: Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); I Made Andhika, Willain Pacheco, Gunawan Dwi Cahyo, Ricky Fajrin (belakang); Fadil Sausu, Brwa Nouri, Paulo Sergio (tengah); Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic, Stefano Lililpay (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Persebaya (3-4-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Hansamu Yama, Rachmat Irianto (belakang); Novan Sasongko, Muhammad Hidayat, Damian Lizio, Ruben Sanadi (tengah); Irfan Jaya, Manuchehr Jalilov, Osvaldo Haay (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lahan Digugat, Pembangunan Stadion BMW Terus Berlanjut

Posted: 15 May 2019 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Proyek Jakarta Propetindo (Jakpro) Iwan Takwin menyatakan, pembangunan Stadion BMW Jakarta terus berlannjut. Masalah sengketa lahan yang tengah dihadapi oleh Pemprov DKI Jakarta dengan PT Buana Permata Hijau (BPH), sama sekali tidak mengganggu proses pembangunan.

"Kan jelas pemberitaan dari Pak Gubernur pembangunan jalan terus. Jadi kita jalan terus," tutur Iwan saat dihubungi wartawan, Kamis (16/5/2019)

Ia menjelaskan, lahan yang sedang disengketakan lebih kepada sisi utara dari stadion BMW. Selain itu, pembangunan fisik memang belum dilakukan, namun pihaknya telah melakukan penimbunan.

Kemudian, tes kedalaman pondasi atau soil test juga tengah dilakukan untuk memastikan dimensi pancang dari bangunan dan mengukur tinggi keamanan banjir.

"Harus tahu secara teknis kedalaman pondasinya, kondisi tanahnya, kondisi kekuatan tanahnya," tuturnya.

"Artinya nanti habis itu kita baru mulai pekerjaan fondasi," imbuh Iwan.

 

Sah Milik DKI

Anak-anak bermain diatas beton di sekitar pembangunan Taman Bersih Manusiawi dan Wibawa (BMW) di Jakarta Utara, Selasa (7/3). Pemprov DKI Jakarta akan melanjutkan kembali pembangunan taman dan stadion BMW. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, PT Buana Permata Hijau (BPH) memenangkan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) atas sengketa penerbitan hak pakai (SHP) Stadion BMW. PT BPH kemudian meminta Pemprov DKI Jakarta segera menghentikan proyek pembangunan Stadion sepak bola Internasional BMW.

Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies mengatakan, telah diputuskan bahwa tanah itu sah milik DKI dari hasil putusan pengadilan negeri sebelumnya. 

"Kemudian yang kedua adalah PT Buana melalui PTUN menggugat proses administrasi di BPN (Badan Pertanahan Nasional). Nah yang kemarin diputuskan (PT BPH menang) adalah di PTUN. Jadi proses administrasinya yang digugat oleh PT Buana, tapi materinya itu sah milik kita dan itu diputuskan di pengadilan negeri," ujar Anies di DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Anies menegaskan, pembangunan Stasdion BMW akan tetap dilanjutkan. Ia juga mengimbau agar semua pihak, khususnya Persija, tidak khawatir akan kelanjutan pembangunan Stadion BMW. 

Sebab, dirinya telah berjanji untuk membangun stadion ini untuk seluruh warga DKI Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wakil Bupati Mesuji Dipanggil KPK Sebagai Saksi Suap Proyek

Posted: 15 May 2019 10:21 PM PDT

Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Saply TH menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Saply diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Mesuji Khamami pada kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Saply TH menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Saply diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Mesuji Khamami pada kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Saply TH menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Saply diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Mesuji Khamami pada kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Saply TH menunggu untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Saply diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Mesuji Khamami pada kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Saply TH menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Saply diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Mesuji nonaktif Khamami pada kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Wakil Bupati Kabupaten Mesuji Saply TH menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/5/2019). Saply diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Bupati Mesuji nonaktif Khamami pada kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Kabupaten Mesuji TA 2018. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Gaya Syahrini di Pematang Sawah saat Dipotret Reino Barack

Posted: 15 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Foto indah dan cantik Syahrini tentu sudah bisa manjakan mata. Malihat akun Instagram pelantun lagu Cintaku Kandas ini, ada banyak foto apiknya yang dijepret para fotografer terkenal. Terlebih akhir-akhir ini Syahrini kerap unggah foto pernikahan yang banyak jadi perhatian publik. 

Namun ada sebuah jepretan yang menarik, yaitu kali ini pada unggahan, Rabu (15/5/2019) Syahrini unggah foto yang berbeda.

Hasil foto ini tetaplah indah, meski bukan jepretan dari seorang fotografer. Ternyata jepretan foto ini dari suaminya, yaitu Reino Barack.

Enggak nyangka ya Reino Barack jago memotret juga. Penasaran? Begini gaya Syahrini di pematang sawah saat dipotret Reino Barack yang Liputan6.com kutip dari @princessyahrini, Kamis (16/5/2019)

Tetap anggun meski di pematang sawah

Gaya anggun Syahrini saat berada di pematang sawah  (Sumber: Instagram/princessyahrini)

Foto tersebut memang indah banget. Bukan cuma karena Syahrini tampak cantik dengan balutan gaun bercorak kuning, namun komposisi dari foto tersebut oke punya. Indah alam di Bali tertangkap sempurna dihiasi langit biru berawan syahdu.

Ya, Syahrini sempat juga main ke sawah begini saat berlibur ke Bali. Wanita asal Sukabumi - Jawa Barat ini enggak segan menggunakan sandal teplek dan pakai topi bundar lebar. Kacamata hitam nggak ketinggalan dong.

Foto diambil di Mandapa, Cadangan Ritz-Carlton

Gaya anggun Syahrini saat berada di pematang sawah  (Sumber: Instagram/princessyahrini)

Uniknya lagi, Syahrini cantumkan caption yang bersumber dari filosofi padi. "Hiduplah seperti padi, semakin merunduk semakin berisi," tulis penyanyi 36 tahun itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Dinilai Mampu Miliki Maskapai Berbasis Syariah

Posted: 15 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia dianggap sudah pantas memiliki maskapai berbasis syariah.

Terlebih, saat ini Indonesia telah memiliki lembaga-lembaga perekonomian berbasis syariah di antaranya bank maupun lembaga pembiayaan.

Menurut Praktisi Penerbangan, M Suriawan Wakan, Indonesia memiliki potensi besar dalam membangun dan mengoperasikan penerbangan berbasis syariah. Saat ini ekonomi syariah tumbuh di tanah air.

"Potensi itu didukung oleh fakta bahwa ekonomi syariah sedang tumbuh dengan baik, pada sisi lain marketnya terbuka lebar. Bahkan ada semacam captive market," ujar Wakan saat ditemui di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019).

Wakan menyebut, pembiayaan untuk membangun penerbangan syariah tersebut dapat dilakukan dengan melibatkan seluruh potensi partisipasi publik, lembaga-lembaga keuangan syariah dan institusi keagamaan, seperti Muhammadiyah, NU, MUI serta lainnya.

Dia pun prediksi modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp 1 triliun. "Modal awal sekitar Rp1 triliun untuk membeli lima pesawat dan menyewa lima pesawat lainnya," ujar dia. 

Hal ini diperuntukan sebagai salah satu syarat mengurus Air Operator Certificate (AOC) ke Ditjen Perhubungan Udara.

Dalam tempo singkat permodalan ini dapat dimobilisasi, tinggal bentuk dulu lembaga sebagai operator, lalu mobilisasi dana publik dengan mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan saham dimiliki publik, lanjut Wakan, sangat terbuka peluang untuk pegawai maskapai, termasuk pilot dan kru kabin menjadi bagian pemilik perusahaan.

Wakan menuturkan, eksistensi maskapai penerbangan syariah ini dibutuhkan, mengingat masih sangat besar celah kebutuhan muslim yang belum dapat dipenuhi oleh maskapai penerbangan eksisting di Indonesia.

Misalnya, kru kabin berbusana muslimah, penumpang perempuan menutup aurat sesuai syariah, serta pelayanan bernuansa Islami. "Seperti berdoa bersama sebelum dan setelah terbang, dan sebagainya," tutur dia.

Perusahaan penerbangan syariah ini wajib dikelola oleh kalangan profesional di bidang penerbangan dan keuangan. Tak hanya itu, maskapai syariah juga tidak boleh diintervensi oleh kepentingan apapun di luar koridor bisnis penerbangan.

Selanjutnya

Ilustrasi kabin pesawat terbang. (dok. pexels.com/Sourav)

Namun, pria yang kini menjabat sebagai Executive General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta ini mengingatkan, agar nantinya maskapai penerbangan syariah ini belajar dari kegagalan perusahaan penerbangan berbasis syariah di Malaysia yakni Rayani Air. Rayani Air ditutup karena persoalan profesionalitas dan manajerial.

"Penerbangan syariah di Indonesia harus menjadi perusahaan besar, sekaligus menjadi angin segar bagi rakyat karena mampu menawarkan penerbangan bertarif murah, "ujar Wakan. 

Pada posisi ini, penerbangan syariah menjadi mitra tangguh bagi pemerintah karena mampu menyediakan penerbangan dengan tarif terjangkau daya beli masyarakat. (Pramita Tristiawati) 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brisia Jodie Berbagi Kebahagiaan di Delightful Ramadan

Posted: 15 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan ini, Brisia Jodie tak ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dalam acara yang bertajuk Delightful Ramadan bersama Zomato Indonesia dan PT ENP.

Acara berbuka bersama dengan anak-anak yatum piatu di restoran Pulau Dua, Jakarta, pada Sabtu (11/5/2019) ini juga dimeriahkan oleh penampilan apik dari Brisia Jodie dan grup musik Bartelemi.  

Acara Delightful Ramadan ini dihadiri oleh sekitar 200 anak yatim piatu. Melihat anak-anak yang harus kehilangan orangtua di usia yang masih sangat muda membuat Brisia Jodie tersentuh.

Ia berharap agar mereka tak berhenti untuk terus menggapai mimpinya. Tak hanya itu, Brisia Jodie pun ikut senang dengan sambutan yang diberikan anak-anak padanya. Terlihat dari antusias mereka yang ikut bernyanyi bersamanya.

Tak hanya Brisia Jodie, grup musik Bartelemi juga turut bahagia karena dipercaya untuk tampil menghibur anak-anak yatim piatu yang hadir di acara ini.

Sebelumnya, Marketing Zomato Indonesia, Deri mengungkapkan bahwa acara ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh Zomato Indonesia dengan niat ingin berbagi kepada anak-anak yang kurang beruntung di Ramadan ini.

Bahkan, Country Manager Zomato Indonesia, Vamsi Reddy juga mengatakan akan melakukan yang terbaik untuk membantu anak-anak di Indonesia dan salah satunya melalui acara Delightful Ramadan ini.

Ingin lihat bagaimana serunya Brisia Jodie, Bartelemi, dan anak-anak yatim piatu dalam acara Delightful Ramadan bersama Zomato Indonesia beberapa waktu lalu? Yuk, simak selengkapnya di channel Zomato Indonesia di Vidio.com berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Berhasil Temukan Pelaku Mutilasi Wanita di Pasar Besar Malang

Posted: 15 May 2019 10:19 PM PDT

Patroli, Malang - Misteri perisitwa mutilasi yang menimpa seoang wanita tanpa identitas di Kota Malang, Jawa Timur, akhirnya terungkap. Polisi menangkap seorang lelaki yang diduga pelakunya berdasarkan salah satu petunjuk, yakni tato di kaki korban.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (16/5/2019), Polres Malang Kota, Rabu, 15 Mei 2019, menangkap seorang lelaki bernama Sugeng Santoso di Jodipan, Kota Malang, karena diduga terlibat dalam pembunuhan keji tersebut.

Sebelumnya, polisi menemukan tato di telapak kaki korban yang salah satunya tertulis nama Sugeng. Selain itu, anjing pelacak yang dikerahkan juga mengendus jejak dari tempat penemuan tubuh korban hingga mengarah ke tempat lelaki itu ditemukan yang berada sekitar 1 kilometer dari lokasi.

Saat tempat tinggalnya digeledah, polisi juga menemukan sejumlah tulisan yang identik dengan coretan tangan di Pasar Besar Malang. Namun, polisi belum mendapatkan motif tersangka melakukan pembunuhan dan mutilasi tersebut. Selain itu polisi masih menyelidiki jati diri korban.

Sebelumnya, warga dikejutkan dengan penemuan jasad wanita yang terpotong dalam enam bagian di area parkir atas Pasar Besar Kota Malang. Tubuh korban kala itu mengenakan celana dalam saja. Di lokasi kejadian polisi juga menemukan tulisan bernada kemarahan dan dendam yang diduga dibuat oleh pelaku. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik di Indramayu, Pilih 10 Destinasi Ini

Posted: 15 May 2019 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indramayu adalah daerah yang cukup sibuk dalam #PesonaMudik2019. Tapi jangan khawatir. Indramayu sudah menyiapkan rest area terbaik buat para pemudik. Pemudik yang mampir, juga bisa menikmati destinasi wisata di sana. Dijamin gak bakal nyesel.

"Indramayu poros penting jalur mudik di Pantura (Pantai Utara) Pulau Jawa. Dengan keunikannya, ada banyak rest area alam dan buatan yang bisa dinikmati. Pemudik bisa mengeksplorasi sejenak destinasi ini. Sebab, semuanya unik.

Ada banyak experience yang ditawarkan," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Destinasi di Indramayu mudah diakses. Namun, atraksi, dan amenitas Indramayu juga luar biasa. Bukan hanya sesaat, pemudik bisa menikmati warna lain Indramayu untuk durasi panjang.

Nah, berikut disajikan Top 10 Destinasi di Indramayu:

1. Pulau Biawak

Pulau Biawak merupakan destinasi terkenal di Indramayu, Jawa Barat. Sesuai namanya, pulau tersebut terkenal sebagai habitat hewan Biawak. Ada banyak sekali Biawak yang mendiami pulau tersebut. Dan, kawasan ini juga memiliki pulau lain dengan kondisi mirip Pulau Biawak.

Keunikan Pulau Biawak semakin lengkap. Kawasan tersebut ditopang dengan view eksotis. Apalagi, di satu sisinya terdapat mercu suar tua. Rambu laut ini masih berfungsi baik dan menjadi penanda lalu lintas air d sekitarnya. Berusia tua, mercu suar sudah ada sejak era penjajahan kolonial. Bila berkunjung ke sini, ada banyak spot yang bisa dieksplorasi. Sebab, Pulau Biawak juga terkoneksi dengan Pulau Gosong dan Candikian. Keduanya memiliki kekhasan yang unik, selain view indah versi wisata baharai Indramayu.

2. Pantai Tirtamaya

Berada di Pantura, Indramayu memiliki banyak spot wisata bahari. Salah satu yang unik adalah Pantai Tirtamaya. Lokasinya berada di Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu. Destinasi tersebut beroperasi dari pukul 08.00-17.00 WIB. Dengan pantainya yang landai, pengunjung bisa menjalani beragam aktivitas. Dan, destinasi ini terkenal dengan keelokan sunrise dan sunsetnya sekaligus.

Dengan pesonanya, Pantai Tirtamaya kerap digunakan sebagai venue sebuah event. Bisa konser musik atau tradisi pesta laut. Areanya sangat Instagenik, terutama jembatannya yang menjadi tempat sandar perahu milik nelayan.

3. Pantai Glayem Indramayu

Warna eksotis ditawarkan Pantai Glayem. Pengunjung bisa memproduksi konten foto media sosial di sini. Backgroundnya unik dengan pantai plus pemecah ombaknya. Dengan posisinya di Pantura, pantai ini juga spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise. Silakan berkunjung ke Pantai Glayem Indramayu. Aksesibilitasnya mudah. Ada trayek kendaraan umum yang terhubung dengan destinasi tersebut. Tiket masuknya juga ramah, yaitu Rp3 Ribu per pax. Jadi, pastikan Pantai Gliyem Indramayu sebagai destinasi terbaik mudik Lebaran 2019.

4. Hutan Mangrove Karangsong

Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata favorit baru di Kabupaten Indramayu. Tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong ini berlokasi di Desa Karangsong, Indramayu. Di objek wisata tersebut, Anda bisa berkeliling hutan mangrove. Yaitu, dengan menggunakan ojek perahu yang bisa kita sewa. Karakternya khas dengan udara segar khas pantai. Pengunjung bisa menemui beragam fauna menarik di sini.

5. Taman Cimanuk Indramayu

Tempat wisata keluarga di Indramayu ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indrmayu. Taman Cimanuk termasuk tempat nongkrong di Indramayu. Karena terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk bermain di taman Cimanuk, Indramayu ini.

6. Curug Citayam

Meski memiliki topografi landai, Indramayu ternyata memiliki destinasi air terjun. Namanya, Curug Citayam. Lokasinya berada di Cikawung, Indramayu. Kawasan tersebut menjadi lokasi trekking ideal. Sebab, pengunjung bisa menikmati aktivitas tersebut sebelum menjangkau Curug Citayam.

View sepanjang perjalanan sangat indah. Nuansanya hutan dengan karakter khas Indramayu. Udara dan anginnya sangat segar. Suasana semakin lengkap manakala sampai di Curug Citayam. Airnya jernih dan sejuk. Sangat pas membasahi badan usai menikmati jalur trekking.

7. Pantai Karang Song

Pantai Karang Song menambah daftar panjang wisata bahari Indramayu. Dengan konsep eco wisata, pengunjung bisa menikmati garis pantai lengkap dengan mangrove-nya. Ada banyak vegetasiyang ada di sini, seperti bakau hitam, bakau kecil, dan bakau minyak. Ada juga api-api, pidada, ketapang, bidara, hingga cemara laut.

Kawasan ini juga memiliki 37 spesies burung. Sebut saja kuntul besar, kowak malam kelabu, dara laut, hingga rajaudang kalung biru. Sembari menikmati alam, pengunjung bisa memanjakan hobi memancing. Ada banyak ikan di sini, seperti belanak, gelodok, hingga keting. Pada kawasan ini juga kadang ditemui hewan biawak.

8. Waduk Cipancuh Indramayu

Tempat wisata Waduk Cipancuh mempunyai luas area sekitar 70 hektar. Sedangkan secara tata administrative negara, Waduk di Indramayu berada di desa Situraja, Gantar, Indramayu.

Sebenarnya dibuat untuk keperluan irigasi persawahan. Namun, karena pemandangannya yang elok, Waduk Cipancuh, Indramayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata murah di Indramayu. Tidak dikenakan tiket masuk ke Waduk Cipancuh ini, karena merupakan tempat wisata umum.

9. Situ Bolang

Destinasi alternatif itu bernama Situ Bolang. Lokasinya berada di Jatisura, Cikedung, Indramayu. Area ini terkenal sebagai spot pemacingan alam yang luar biasa. Ada banyak ikan yang bisa diburu melalui mata kail. Lebih lengkap lagi, pengunjung akan disuguhi eksotisnya alam desa dengan persawahannya. Situ Bolang bukan sekedar destinasi wisata biasa.

Kawasan ini menjadi urat nadi perekeonomian warga di sana. Sebab, kawasan ini sudah dinaikan statusnya menjadi Lokawisata Alam Pedesaan. So, selain alam, pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakatnya. Silahkan merapat sejenak di Situ Bolang bila mudik di poros Indramayu.

10. Pantai Glayem

Warna eksotis ditawarkan Pantai Glayem. Pengunjung bisa memproduksi konten foto media sosial di sini. Backgroundnya unik dengan pantai plus pemecah ombaknya. Dengan posisinya di Pantura, pantai ini juga spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise. Silahkan berkunjung ke Pantai Glayem Indramayu.

Aksesibilitasnya mudah. Ada trayek kendaraan umum yang terhubung dengan destinasi tersebut. Tiket masuknya juga ramah, yaitu Rp3 Ribu per pax. Jadi, pastikan Pantai Gliyem Indramayu sebagai destinasi terbaik mudik Lebaran 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wulan Guritno Perkuat Ibadah Selama Ramadan

Posted: 15 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan adalah bulan di mana pahala akan dilipatgandakan. Karena itu umat Muslim berlomba-lomba melakukan amal kebaikan, termasuk aktris Tanah Air, Wulan Guritno.

Di Ramadan tahun ini, ibu tiga anak tersebut memiliki target ibadah yang harus ia capai. Salah satunya, Wulan Guritno tidak ingin meninggalkan salat tarawih.

"Tahun ini spesialnya kita berusaha kalau bisa tarawih. Setiap malam kalau enggak bisa di luar atau di masjid karena kesibukan masing-masing, ya habis Isya kumpul di rumah," imbuh Wulan Guritno di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

Diakui Wulan Guritno, memang sulit mencapai target karena terbentur urusan pekerjaan. Namun ia percaya bahwa selama ada niat dan kemauan, target ibadah tetap bisa dicapai.

"Biasanya tarawih jam sembilan malam, berusaha tahun ini untuk tarawihnya full. Ya masih agak sulit tarawih full sih kalau buat kita ya buat yang kerja di dunia entertainment karena kerjaan kan," terangnya.

"Jadi targetnya tahun ini itu dulu. Ya dikit-dikitlah pengin jadi orang benar dan baik kan enggak bisa langsung," sambung istri Adilla Dimitri tersebut. (Zulfa Ayu Sundari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN Tantang BPN Prabowo-Sandi Adu Data di Pleno KPU

Posted: 15 May 2019 10:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga menantang tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, adu data dalam pleno rekapitulasi suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu menanggapi tuduhan kecurangan pemilu dan klaim kemenangan pasangan calon presiden nomor urut 02 sebanyak 54 persen.

"Saya tantang 02 di pleno KPU, kalau enggak berani mereka pengecut," ujar Arya di Posko Cemara, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Menurut Arya masa pleno ini tepat untuk menyampaikan data yang dimiliki kubu Prabowo. Politisi Perindo itu mengatakan, TKN bakal menyiapkan data untuk disandingkan dengan milik BPN.

"Kalau berani adu data, bawa ke KPU," kata Arya.

 

Gagal Tunjukkan Kecurangan

Dia menantang untuk membuka form C1 yang dimiliki BPN Prabowo dalam rapat pleno tingkat nasional. Arya bercerita, saat pleno tingkat kecamatan, kubu 02 gagal menunjukkan kecurangan. Bahkan saksi kubu 02 terus hadir sampai di pleno tingkat provinsi.

Di pleno tingkat nasional ini, TKNmenantang apakah kubu Prabowo bisa menunjukkan data C1 asli yang menjadi dasar klaim.

"Sekarang kami tantang kalau benar 02 punya C1 asli dan mengatakan ada kecurangan, kami tantang di KPU. Ikut pleno di KPU, tantang di pleno. Berani gak. Kalau tidak berani, berarti data mereka bodong," tandasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Seniman Akan Menghadiri Pesta Kesenian Bali ke-41

Posted: 15 May 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar Pesta Kesenian Bali 2019 akan berlangsung meriah. Sebab, ribuan seniman dari 11 negara siap berpartisipasi. Pesta Kesenian Bali yang memasuki tahun ke-41, akan digelar 15 Juni-13 Juli 2019. Lokasinya di Taman Budaya, Denpasar, Bali.

Tahun ini, tema yang diusung adalah 'Bayu Pramana'. Visi tersebut sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ada 7 agenda utama dalam Pesta Kesenian Bali 2019. Ada pawai, parade, lomba, hingga pagelaran. Ada juga workshop, pameran, dan sarasehan.

"Pesta Kesenian Bali menjadi momen paling dinanti. Khususnya oleh para seniman. Event itu menyajikan beragam budaya. Dari budaya lokal hingga mancanegara. Inilah wujud dan gambaran dari sebuah peradaban yang ada. Silahkan datang ke Bali. Nikmati eksotisnya budaya sekaligus alamnya," ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Rabu (15/5).

Pesta Kesenian Bali 2019 akan diikuti 41 partisipan, 9 kabupaten/kota di Bali, 21 Luar daerah, dan 11 Luar negeri.

Kota Denpasar akan mengirimkan 3.000 seniman. Mereka akan mengikuti 26 materi di Pesta Kesenian Bali. Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti pembinaan Janger Kedaton Sumerta di Banjar Kedator Sumerta, Denpasar Timur. Para seniman asal Pulau Dewata akan menampilkan Tari Janger Kedaton. Tarian ini akan melibatkan 32 penari dan 25 orang penabuh iringan musiknya.

Pesta Kesenian Bali juga jadi media untuk melestarikan budaya. Seperti melestarikan tari Janger Kedaton. Tarian ini sudah ada sejak 1906. Janger Kedaton dikenal juga dengan nama Janger Sesungsungan Krama Banjar Kedaton. Tarian tersebut menjadi salah satu aset dan warisan budaya Denpasar.

Rizki menambahkan, Pesta Kesenian Bali menjadi media pengenalan budaya leluhur kepada generasi muda.

"Pesta Kesenian Bali bukan sekadar menebar kemeriahan budaya. Lebih dari itu, ada misi besar yang diemban. Event ini menjadi bagian pelestarian seni dan budaya. Kekayaan adiluhung seni dan budaya tersebut masih bisa dikenalkan lintas generasi. Kini generasi muda bisa mengenal bahkan ikut melestarikan kekayaan tersebut," lanjut Rizki.

Sedangkan Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan kemeriahan sudah disajikan sejak awal.

"Dalam opening ceremony, akan dilakukan Pawai Pesta Kesenian Bali di Monumen Perjuangan Rakyat Bali, pukul 14.00 WITA. Ada juga Tabuh-Tabuh Semara Pagulingan di Kalangan Madya Mandala, pukul 18.00 WITA," paparnya.

Rencananya, pembukaan event ini dilakukan mulai pukul 20.00 WITA. Lokasinya di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Bali. Kegiatan ini akan menampilkan Oratorium Tari Bali oleh ISI Denpasar. Namanya, Oratorium Tari Bali Padma Bhuana. Ada juga pentas Tari Pendet yang dibawakan oleh 20 siswa Sekolah Dasar terpilih.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, mengatakan banyak inspirasi yang bisa diambil dari kegiatan ini.

"Pesta Kesenian Bali merupakan event besar penuh inspirasi. Ada banyak pesan yang disampaikan. Dan, event ke-41 semakin lengkap dengan kehadiran peserta mancanegara. Dengan komposisi konten terbaik, event tersebut akan menarik kunjungan wisman dalam jumlah besar," terangnya.

Pesta Kesenian Bali akan menghadirkan 9 tarian Pulau Dewata versi Warisan Budaya Dunia Tak Benda Unesco. Ada Tari Barong Ket, Tari Joged, Tari Legong Kraton, dan Drama Tari Wayang Wong. Ada juga Drama Tari Gambuh, Topeng Sidakarya, Baris Upacara, Tari Sanghyang Dedari, hingga Tari Rejang.

Ada juga 38 jenis perlombaan seni disajikan. Seperti Lomba Gender Wayang, Wayang Kulit Parwa Dalang Anak-Anak, Baleganjur Remaja, Taman Penasar, atau Bapang Barong. Event tersebut juga turut melestarikan bahasa dan aksara Bali lewat berbagai lomba. Seperti, Mencaba Lontar, Seni Lukis Baligrafi Aksara Bali, juga Mesatua Bahasa Bali.

"Pesta Kesenian Bali menjadi atraksi terbaik. Wisatawan akan dipuaskan dengan beragam warna budayanya. Akan ada banyak experience luar biasa yang bisa dinikmati wisatawan. Pesta Kesenian Bali tentu menjadi salah satu moment terbaik menikmati eksotisnya Pulau Dewata secara utuh. Sebab, Bali juga terkenal di dunia dengan keindahan alamnya," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menuntut Minta Cerai, Wanita di Serang Malah Dibunuh Suami Sendiri

Posted: 15 May 2019 10:09 PM PDT

Patroli, Serang - Seorang ibu rumah tangga di Serang, tewas dibunuh oleh suaminya sendiri, Rabu siang, 15 Mei 2019. Kematian korban bernama Yati pertama kali diketahui dari anak korban yang berlari meminta tolong pada tetangga. Warga kemudian mendapati tubuh Yati tergeletak bersimbah darah di lantai kamar tidurnya.

Belakangan diketahui ibu rumah tangga itu tewas dianiaya oleh suaminya sendiri menggunakan sebilah golok, setelah sebelumnya terlibat pertengkaran.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (16/5/2019), korban tewas dengan luka bacok di bagian leher dan wajah. Pelaku langsung kabur usai menghabisi nyawa istrinya.

Menurut warga Desa Telaga Bakti, Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, rumah tangga pasangan yang mengontrak di desa mereka itu sering diwarnai pertengkaran. Pelaku yang berasal dari Palembang itu dikenal temperamental. Menurut informasi warga, dalam pertengkaran yang berakhir tragis itu sang istri menuntut cerai.

Di lokasi kejadian, polisi menemukan sebilah golok yang digunakan pelaku menganiaya istrinya. Kini polisi masih mengejar pelaku dan lokasi kejadian telah diberi garis polisi. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Optimis 5 RUU Selesai Sebelum Akhir Juli

Posted: 15 May 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan sisa waktu masa jabatan anggota DPR RI yang tinggal beberapa bulan lagi, tidak membuat semangat dan kinerja DPR mengendor. Seluruh fraksi di DPR RI telah bersepakat untuk fokus menuntaskan sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang menjadi prioritas.

"DPR RI terus berkoordinasi dengan pemerintah agar dalam sisa masa waktu jabatan yang akan berakhir pada bulan September 2019, dapat secara maksimal menyelesaikan RUU yang masuk prioritas. Pimpinan dewan juga terus melakukan rapat konsultasi dalam rangka akselerasi penyelesaian RUU dengan Pimpinan AKD dan Pansus yang menangani RUU," ujar Bamsoet usai bertemu dengan Menteri Hukum dan HAM, Yosona Laoly, di ruang kerja Ketua DPR RI, yang kemudian dilanjutkan rapat konsultasi pimpinan dengan para ketua pansus dan panja RUU dan ketua-ketua Komisi di ruang rapat pimpinan DPR di Jakarta, Rabu (15/05/19).

Hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain Wakil Ketua DPR RI Utut Hadiyanto, Wakil Ketua DPR RI Fachri Hamzah, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, para Pimpinan Komisi.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengungkapkan, hingga Masa Sidang V DPR RI yang akan berakhir pada tanggal 25 Juli 2019, setidaknya ada lima RUU diharapkan bisa disahkan. Lima RUU tersebut yaitu RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), RUU Jabatan Hakim, RUU Pemasyarakatan, RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan serta RUU Ekonomi Kreatif.

"Berdasarkan hasil rapat koordinasi antara pimpinan DPR, pimpinan komisi DPR I, pimpinan Pansus DPR RI dan Pimpinan Legislasi DPR RI, kita optimis lima RUU tersebut bisa diselesaikan pada masa sidang ini. Pada masa sidang berikutnya yang akan dimulai bulan Agustus hingga September 2019, diharapkan ada empat RUU lagi yang bisa diselesaikan, yakni RUU Mahkamah Konstitusi, RUU Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan, RUU Perkoperasian serta RUU Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi," urai Bamsoet.

Secara khusus legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Kebumen dan Banjarnegara ini sangat berharap RUU KUHP bisa diselesaikan pada masa sidang ini. Sehingga, bisa menjadi kado terindah saat HUT kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang.

"DPR dan pemerintah memandang urgent menyelesaikan RUU KUHP karena sampai saat ini kita masih menggunakan KUHP peninggalan Belanda. Jika saja DPR dan pemerintah dapat merampungkan pembahasan RUU KUHP tersebut akan menjadi 'legacy', sekaligus hadiah terindah dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan RI Ke-74 pada tanggal 17 Agustus 2019," tutur Bamsoet.

Lebih jauh Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengingatkan kembali tanggungjawab penyelesaian RUU tidak hanya terletak di tangan DPR RI saja. Pemerintah pun memiliki tanggungjawab yang sama. Sebab, sebuah RUU tidak dapat diselesaikan tanpa adanya pembahasan serta keputusan bersama antara DPR RI dan pemerintah.

"Hambatan yang sering dihadapi DPR RI dalam pembahasan RUU adalah ketidakhadiran menteri yang diberikan tugas oleh presiden untuk melakukan pembahasan di DPR RI. Untuk memaksimalkan capaian legislasi, pimpinan dewan sepakat akan mengirimkan surat kepada menteri terkait untuk aktif hadir dalam pembahasan RUU. Ketidakhadiran menteri ini sudah pernah kita disampaikan kepada presiden karena sangat mengganggu kinerja legislasi DPR," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesanan Tiket Bus Mudik Melonjak Gara-gara Harga Tiket Pesawat Naik

Posted: 15 May 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesanan tiket angkutan darat meningkat seiring mahalnya harga tiket pesawat terbang. Masyarakat memilih memindahkan moda angkutan Lebarannya dari udara ke darat, seperti kereta dan bus antarkota.

"Isu mengenai tiket pesawat. Tapi itu juga kita lihat impact ke moda transportasi darat yang lain," kata Head of Growth Management Transportation Product Traveloka, Iko Putera, di Jakarta.

Berdasarkan survei internal yang dilakukan Traveloka, penggunaan moda transportasi kereta meningkat 30 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu. Namun peningkatan yang signifikan terjadi pada penggunaan bus antarkota sebagai moda transportasi mudik Lebaran.

"Untuk bus antarkota ini dibandingkan normal kita lihat sangat signifikan, bisa 300 persen. Ini fenomena yang sangat menarik. Mungkin dampak dari dinamika harga tiket pesawat dan infrastruktur yang akhir-akhir ini berkembang," jelas dia.

Harga yang terjangkau, lanjut Iko, memang menjadi pertimbangan bagi masyarakat untuk lebih memilih bus antarkota. Masyarakat akan berhemat cukup besar jika menggunakan bus antarkota.

"Misalnya mau dari Jakarta mau ke Solo, Jogja, Semarang, Surabaya dan Malang. Ke Solo naik bus harganya Rp 280 ribu. Dibandingkan pesawat lebih murah sekitar Rp 700 ribu. Jakarta ke Jogja Rp 280 ribu sampai Jogja. Kalau pesawat udah pasti Rp 1 juta lebih," ujar dia.

"Jakarta-Surabaya Rp 350 ribu (pakai bus). Kalau dibandingkan dengan pesawat bisa hemat Rp 900 ribu. Mungkin karena komposisi harga tiket seperti ini mendorong animo masyarakat untuk menggunakan bus," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun Hingga 16 Persen

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Pemerintah tetapkan tarif batas atas tiket pesawat turun antara 12 persen sampai 16 persen.

Penurunan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 12 persen ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Rapat Koordinasi Pembahasan Tindak Lanjut Tarif Angkatan Udara, Senin (13/5/2019), di Jakarta.

"Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat," ujar Menko Darmin.

Lebih lanjut Darmin menjelaskan, Pemerintah mencatat adanya kenaikan tarif pesawat penumpang udara oleh para perusahaan maskapai penerbangan dalam negeri sejak akhir Desember 2018 dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Dampak dari kejadian ini dirasakan oleh masyarakat terutama saat menjelang musim lebaran dan teridentifikasi merupakan isu yang berskala nasional.

Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri (Tarif Batas Atas) sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 72 Tahun 2019 tidak berubah secara signifikan sejak tahun 2014 dan merupakan salah satu penyebab tarif angkutan penumpang udara tidak kunjung turun.

Kondisi lain yang menyebabkan tingginya tarif pesawat dalam negeri adalah kenaikan harga bahan bakar pesawat terbang (avtur).

Pada akhir Desember 2018, harga avtur menyentuh USD 86,29 per barel, tertinggi sejak Desember 2014. Hal ini berdampak pada peningkatan beban operasional perusahaan maskapai penerbangan sehingga perlu dikompensasi dengan peningkatan tarif pesawat.

Keputusan penurunan Tarif Batas Atas akan berlaku efektif sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Perhubungan dengan target 15 Mei 2019.

Kemudian akan dievaluasi secara kontinu berdasarkan regulasi yang berlaku untuk menjaga tarif angkutan penumpang udara bagi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dengan keseimbangan antara perlindungan konsumen dan keberlangsungan usaha.

Sebagai penutup, Menko Darmin menegaskan diperlukan sinergi antara Kementerian/ Lembaga dan Badan Usaha terkait untuk terus mendukung evaluasi industri penerbangan nasional secara berkala sehingga potensi masalah atau isu dapat senantiasa diidentifikasi lebih awal.

"Dengan demikian, kondisi industri penerbangan, khususnya pada pelayanan penumpang udara, dapat berjalan dengan lebih baik dan stabil," tegas Menko Darmin.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Fintech Peroleh Izin Usaha dari OJK

Posted: 15 May 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mengapresiasi keempat anggotanya yang mendapatkan izin usaha sebagai penyelenggara fintech lending dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terbitnya izin usaha keempat anggota AFPI ini menandakan kepercayaan regulator terhadap kematangan penyelenggara fintech peer-to-peer (P2P) lending dalam menjalankan usahanya.

Adapun keempat P2P lending yang telah mendapatkan izin tersebut adalah PT Investree Radhika Jaya (Investree), PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), PT Indo Fint Tek (Dompet Kilat), dan PT Creative Mobile Adventure (Kimo). Keempatnya resmi mendapat izin usaha pada 13 Mei 2019.

"Berita baik bagi industri kami yang baru ini. Pihak OJK memberikan kepercayaan kepada industri ini melalui pemberian izin usaha pinjam meminjam berbasis teknologi yang terdaftar di OJK dan tergabung di AFPI. Kami juga terima kasih kepada keempat platfom yang telah berhasil membuktikan kredibilitas platfomnya selama ini menunjukan bahwa industri ini bisa diandalkan," kata Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas AFPI, Tumbur Pardede, dalam konferensi pers AFPI, di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Tumbur melanjutkan, pihaknya juga mengapresiasi kepada masyarakat yang selama ini telah memberikan kepercayaan sebagai pemberi pinjaman maupun penerima pinjaman dari fintech lending. Dengan diperolehnya izin usaha kepada penyelenggara yang sudah terdaftar ini menjadi jaminan bahwa industri semakin terpercaya.

"Apresiasi sebesarnya juga kepada masyarakat dan stakeholder kepada pengguna platform fintech dan para investor yang terlibat. Ini moment titik awal kita ke depan" katanya.

Di samping itu, dia menekankan bagi para anggota AFPI lainnya yang masih terdaftar di OJK, perolehan izin usaha ini menjadi acuan bahwa kepastian bagi industri ini dalam hal perizinan dari OJK. Di mana, perizinan ini diperoleh sepanjang para penyelenggara melaksanakan bisnis sesuai dengan peraturan OJK dan berjalan sesuai standar pedoman perilaku AFPI.

"Selama patuh terhadap peraturan OJK dan kebijakan asosiasi, serta melewati seluruh proses maka perizinan usaha sebagai penyelenggara fintech lending akan diperoleh. Keempat anggota ini menjadi contoh penyemangat lainnya," ujarnya.

Bertambahnya daftar P2P lending yang berizin ini setelah sekian lama sejak P2P lending pertama yang mendapat perizinan yakni PT Pasar Dana Pinjaman (Danamas) pada 6 Juli 2017. Artinya, butuh hampir 2 tahun bagi OJK untuk akhirnya mengeluarkan izin usaha bagi fintech lending.

Berdasarkan data OJK saat ini, terdapat 113 penyelenggara fintech lending yang terdaftar dan berizij di OJK, yang terdiri dari 107 penyelenggara bisnis konvensional dan 6 penyelenggara bisnis syariah. Dan lima diantaranya sudah berstatus izin.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Jangan Mudah Tergiur Iming-Iming Fintech Ilegal

Ilustrasi fintech. Dok: sbs.ox.ac.uk

Aduan dari korban aplikasi pinjaman online atau fintech kian marak. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan produk atau jasa keuangan.

Deputi Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Sarjito menyebutkan masyarakat agar tidak tersesat oleh iklan dan harus lebih detil memperhatikan penawaran yang diberikan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari.

Dia mengungkapkan, aduan terbanyak adalah peminjam atau nasabah fintech peer to peer (P2P) lending ilegal, di mana banyak masyarakat yang akhirnya terjerat utang beserta bunganya yang tinggi.

"Misalnya fintech yang korban-korban itu pengaduannya masuk ke tempat saya itu rupanya ada fintech ilegal. Meski sudah ditutup hari ini, besok ada lagi, namanya dunia maya," kata dia di kantornya, Selasa (16/4/2019).

Proteksi diri sendiri adalah salah satu cara terbaik mecegah dari jerat utang tersebut. Sebab penutupan terhadap fintech ilegal dinilai tidak terlalu ampuh sebab mereka masih bisa membuka aplikasi baru dengan nama berbeda.

Dia mengungkapkan, pernah mendapat aduan kasus sepasang suami istri yang melakukan pinjaman masing-masing di 10 fintech P2P lending yang berbeda. Sang suami meminjam di 10 aplikasi, dan sang istri pun melakukan hal serupa sehingga menyebabkan keluarga tersebut terlilit utang Rp 20 juta dari 20 fintech P2P lending beserta bunganya.

"Mereka masing-masing pinjam di 10 fintech, padahal akhirnya ngadu ke OJK dan LBH bisanya bayar 1 fintech saja," ujarnya.

Dia menyarankan, nasabah sebelum melakukan atau mengajukan pinjaman online harus mengukur kemampuan diri sendiri untuk melunasi utang tersebut ke depannya. Sebab jika melakukan peminjaman di luar kemampuan melunasi maka dapat menyebabkan kondisi terlilit utang dan dikejar debt collector atau penagih utang.

"Harusnya kita juga sebagai konsumen baiknya rumongso (merasa tahu diri), kalau enggak punya duit ya sudah (jangan pinjam banyak-banyak). Kalau bisa hanya bayar Rp 1 juta, kenapa pinjam Rp 20 juta. Jadi dari sisi konsumen harus waspada juga," tutupnya.

 

BEI Sebut Ada Perusahaan Fintech yang Jajaki IPO

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi menuturkan, sudah ada perusahaan financial technology (fintech) yang sedang jajaki untuk menawarkan  saham perdana atau Initial Public Offering (IPO).

Namun, Inarno masih belum mau terbuka lebih jauh, perusahaan mana saja yang hendak mencatatkan namanya sebagai emiten baru di pasar modal.

"Terlalu dini mungkin kalau saya sebutkan. Tapi ada yang sudah menjajaki untuk melantai di bursa. Tapi belum saatnya saya bicara itu siapa saja," ungkap dia di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Saat ditanya kapan perusahaan yang dimaksud bakal melakukan penjajakan IPO, lagi-lagi ia belum mau menjawab lebih rinci.

"Mungkin itu butuh proses. Kalau bisa secepatnya lebih baik. Tapi memang ada beberapa kendala yang dihadapi," sebut dia.

"Salah satunya mungkin bahwasanya bentuk badan hukumnya tidak PT (Perseroan Terbatas). Persyaratan di kita untuk listing salah satunya harus PT," dia menandaskan.

Kehadiran Fintech Genjot Pendapatan UKM dan Serap Tenaga Kerja

Sebuah iklan saat event penyelenggaraan Finspire di Jakarta, Rabu (9/11). Finspire ini diselenggarakan dalam 2 aktivitas yaitu Finspire frontrunner dan Finspire summit yang diikuti oleh 32 startup di bidang fintech. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

CEO dan Founder Amartha, Andi Taufan Garuda Putra mengungkapkan, kehadiran financial technology (fintech) atau teknologi keuangan memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi mitra alias masyarakat yang meminjam dana.

Menurut dia, berdasarkan survei yang dilaksanakan oleh internal Amartha, pemasukan para mitra naik signifikan setelah meminjam dari Amartha.

Mitra Amartha, kata dia, adalah para perempuan pengusaha mikro dan kecil. Sehingga pinjaman digunakan sebagai modal usaha.

"Dari hasil survei yang kita lakukan. Income para peminjam kita memang meningkat setelah mengakses pinjaman dari kita. Awalnya pendapatan Rp 4,5 juta, setelah itu Rp 6 juta. Naik sekitar 40 persen," kata dia, di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

 Persentase pembayaran pinjaman tepat waktu (on time repayment) di Amartha pun sangat tinggi, mencapai 97,5 persen per akhir Maret 2019. Hingga saat ini, rasio kredit macet alias NPL berada di kisaran 1 persen.

Tak hanya itu, kehadiran Amartha juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat tempatnya beroperasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Aman dari Begal Versi Polda Metro Jaya

Posted: 15 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tindak kejahatan memasuki bulan Ramadan semakin marak. Salah satu yang sedang viral saat ini ialah aksi begal. Biasa beraksi pada malam hari, pengendara diimbau untuk selalu waspada saat berkendara.

Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Polda Metro Jaya memiliki tips berkendara agar aman dari begal. Tips ini diunggah Jatanras Polda Metro Jaya dalam akun Instagramnya.

"Sahabat JATANRAS Polda Metro Jaya, harap selalu waspada dan berhati-hati saat perjalanan pulang larut malam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Berikut beberapa tips, agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan saat perjalanan pulang," tulisnya.

Berikut tips aman berkendara saat malam hari :

1. Lampu

Pastikan lampu tengah motor selalu menyala ketika malam dan gunakan lampu sein secara tepat.

 

2. Jaket

Jaket tak hanya sekedar untuk melindungi tubuh dari angin malam, tapi bisa membuat kita terlihat oleh pengendara lain.

3. Jalan Ramai

Pilihlah sebisa mungkin jalur yang masih ramai. Jangan mengambil rute yang jalan yang sepi.

4. Cek Kondisi Kendaraan

Pastikan kondisi sepeda motornya tetap prima, baik itu ban, rem, lampu, dan bensin.

5. Pulang Bersama Teman

Terkadang hal ini kerap disepelekan oleh para pengendara motor. Alangkah baiknya jika ada teman-teman yang memiliki tujuan searah agar bisa diajak pulang bersama.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditutup Setahun, Underpass Bandara Soetta Dibuka 20 Mei 2019

Posted: 15 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah ditutup selama satu tahun lebih, underpass Kereta Bandara Soekarno-Hatta, di Jalan Perimeter Selatan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, akhirnya akan beroperasi kembali untuk umum.

Direncanakan pengoperasian akan dilakukan pada 20 Mei mendatang. Tetapi, pengoperasian jalan alternatif dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta-Tangerang tersebut, masih sebatas uji coba.

Uji coba dilakukan hingga satu pekan atau tujuh hari, hal itu dimaksudkan untuk memperhatikan faktor keselamatan dari pengoperasian jalan tersebut. Selain itu, waktunya pun dibatasi, yaitu hanya pukul 04.00 hingga 09.00 dan pukul 15.00 hingga 21.00 WIB.

Selama masa uji coba atau evaluasi berjalan, kekurangan yang diketemukan nantinya akan langsung diperbaiki. Sehingga, Jalan Perimeter Selatan tersebut akan beroperasi seperti dulu yakni 24 jam.

Hal itu tertuang dari hasil kesepakatan antar instansi yang terkait dengan Jalan Perimeter Selatan. Mulai dari pihak PT Kereta Api Indonesia, PT Waskita Karya, PT Virama Karya, Dinas Perhubungan Kota Tangerang dan PT Angkasa Pura II (Persero).

Hasil kesepakatan tertuang setelah masing-masing instansi terkait melaksanakan survei bersama untuk persiapan pengoperasian underpass Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Jalan Perimeter Selatan.

Febri Toga Simatupang, Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi langsung dari pihak terkait, bahwa underpass di Jalan Perimeter Selatan kini secara fisik progresnya telah mencapai 98 persen.

"Hanya ada beberapa kekurangan yang sifatnya finishing. Seperti kelengkapan seperti rambu, marka, penambahan separator atau media jalan serta sarana pendukung lain. Tinggal dipercantik saja," ujar Febri.

Tak Ada Pembatasan Kendaraan

Febri juga mengatakan, tidak ada pembatasan kendaraan pada saat operasional nanti. Hanya bagi kendaraan bertonase besar dilarang melintas, selain itu pun yang memiliki ketinggian tertentu yang dapat menganggu merusak portal atau underpass di jalan tersebut.

"Kalau sebelumnya kan rencananya perlintasan sebidang yang akan dioperasikan. Kini rupanya dalam perjalanan progress perbaikan underpass berjalan cukup lancar," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Harry Sembunyikan Hadiah Istimewa untuk Archie, Apakah Itu?

Posted: 15 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putra Meghan Markle dan Pangeran Harry, Archie mendapat banyak hadiah istimewa sejak lahir. Salah satunya adalah sebuah batu berbentuk telur emas dengan nama lengkap sang bayi, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, tertera di batu.

Melansir People, Kamis (16/5/2019), batu itu nantinya akan disembunyikan di taman Windsor, kediaman orangtua Archie. Batu tersebut diberikan pada Pangeran Harry ketika berkunjung ke Oxford pada Selasa, 14 Mei 2019, waktu setempat.

Hadiah untuk Archie diciptakan oleh Claire Waldron, seorang caretaker di Barton Neighbourhood Centre. Ia membuat sebongkah batu yang dicat warna emas dan didekorasi nama lengkap bayi yang lahir pada 6 Mei 2019 tersebut.

Claire menyebut batu hias itu sebagai 'batu kebaikan' dan menyembunyikannya untuk ditemukan oleh anak-anak dalam perburuan harta karun.

Saat Claire memberi tahu Pangeran Harry mengenai batu yang dapat disembunyikan untuk ditemukan Archie di taman Frogmore Cottage, Windsor saat besar nanti, suami Meghan Markle ini mengiyakan ide itu.

"Bisakah Anda bayangkan ia menemukannya dan berkata 'saya punya batu dan ada nama saya?'. Terima kasih banyak. Saya suka ini." ungkap Pangeran Harry.

Setelah itu, Pangeran Harry pun memeluk Claire Waldron dan menepuk punggungnya dengan hangat. "Terima kasih," kata Pangeran Harry lagi kemudian meninggalkan ruangan.

Sederet Kunjungan Pangeran Harry

Pangeran Harry saat menyapa para warga dan anak-anak di Barton Neighbourhood Centre, Oxford, Inggris. (Kirsty Wigglesworth / POOL / AFP)

Selain menerima hadiah batu berbentuk telur emas saat kunjungan ke Oxford, kala itu Pangeran Harry juga melewatkan hari yang sungguh mengagumkan.

Kehadirannya disambut kerumunan warga yang membawa bendera Inggris. Duke of Sussex melakukan kunjungan di kota untuk anak-anak, orang berkebutuhan khusus, serta masyarakat setempat.

Adik Pangeran William ini juga bertemu dengan pasien-pasien cilik di Rumah Sakit Anak Oxford. Kemudian, ia membuka kembali OXSRAD Disability Sports and Leisure Centre, fasilitas pertama yang dibuka ibunya, Putri Diana, pada 1989 silam.

Barton Neighbourhood Centre jadi persinggahan terakhir Pangeran Harry untuk melihat karya dari Tim Thrive, sebuah inisiatif yang mendukung kaum muda dengan akses ke pendidikan dan pekerjaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mau Naik Pesawat Gratis, WNI Sembunyi di Roda

Posted: 15 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta WNI berinisial GR ditangkap polisi Malaysia karena menerobos pesawat. Ingin terbang gratis dengan masuk melalui roda pesawat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Manusia Purba Bisa Berjalan di Gua dengan Lubang Hanya 80 Cm

Posted: 15 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah penelitian terbaru mengungkap kehidupan unik manusia purba di gua-gua sempit. Marco Romano dan sembilan koleganya menemukan ratusan jejak kaki misterius di gua Italia. Bukti sejarah itu diperkirakan berumur sekitar 14.000 tahun yang lalu.

Jejak kaki itu milik lima manusia purba, dua dewasa, satu remaja awal, dan dua anak-anak, demikian sebagaimana dilansir dari laman List Verse pada Kamis (16/5/2019). Setelah ditelusuri oleh para peneliti, mereka diketahui berjalan dan merangkak dalam lorong-lorong gua berlubang sangat sempit. Para penjelajah di masa purba itu menggunakan pinus yang dibakar untuk menerangi jalan mereka.

Langit-langit gua sangat rendah, sehingga para penjelajah itu sering merangkak serendah mungkin dalam waktu yang tidak sebentar. Bahkan tak jarang lubang hanya berukuran 80 sentimeter. Aktivitas itu meninggalkan "bukti pertama jejak kaki manusia yang berjalan jongkok", kata Marco Romano, seorang peneliti postdoctoral di Evolutionary Studies Institute di University of the Witwatersrand, Afrika Selatan.

Para peneliti sebenarnya telah lama mengetahui keberadaan manusia purba di Grotta della Bàsura, yakni sejak 1950-an. Tetapi dalam analisis yang baru mereka menggunakan teknologi yang tinggi, dengan pemindaian laser, analisis sedimen, geokimia, arkeobotani dan pemodelan 3 dimensi untuk mempelajari cetakan kaki.

Sebetulnya ada begitu banyak cetakan yang ditemukan --seluruhnya 180 jejak kaki-- milik kelima orang penjelajah. Banyaknya bukti itu mempermudah ilmuwan untuk meneliti apa yang terjadi selama Zaman Baru akhir atau paleolitik atas.

Menurut berbagai ukuran jejak kaki, 180 jejak kaki tampaknya milik lima orang dengan usia sebagai berikut: seorang anak berusia 3 tahun, 6 tahun, seorang remaja awal --mendekati remaja-- usia 8 hingga 11 tahun, dan dua orang dewasa; kata Marco Romano dkk.

Berjalan Dekat Dinding Gua

Ilustrasi Gua Kidang Kencono/dok: shutterstock.com

Kelima manusia purba itu tampaknya tidak mengenakan pakaian apa pun (setidaknya tidak meninggalkan jejak di gua). Setelah berjalan hampir 150 meter ke dalam gua, rombongan tiba di "Corridoio delle Impronte".

"(Mereka) berjalan sangat dekat dengan dinding sisi gua, Cara yang lebih aman ini juga digunakan oleh hewan lain (misalnya, anjing dan beruang) ketika bergerak di lingkungan yang kurang terang dan tidak dikenal," Romano.

Tak lama kemudian, atap gua turun hingga di bawah 31 inci (80 sentimeter), memaksa para petualang merangkak, "menempatkan tangan dan lutut mereka di atas tanah liat," kata Romano.

Para penjelajah kemudian melewati hambatan stalagmit, melintasi sebuah kolam kecil, meninggalkan jejak yang dalam di tanah yang tergenang air. Mereka memanjat lereng kecil di luar "Cimitero degli Orsi" (kuburan beruang); dan akhirnya tiba di ruang terminal "Sala dei Misteri" (ruang misteri), di mana mereka berhenti.

Begitu berada di ruangan itu, "remaja dan anak-anak mulai mengumpulkan tanah liat dari lantai dan mengoleskannya pada stalagmit pada tingkat yang berbeda sesuai ketinggian," kata Romano. Obor kelompok meninggalkan beberapa jejak arang di dinding. Lalu mereka meninggalkan gua.

Awak beraneka ragam menunjukkan bahwa "anak-anak yang sangat muda adalah anggota aktif dari populasi Palaeolitik atas, bahkan dalam kegiatan sosial dan berbahaya," kata Romano.

 

Kebanyakan Jejak Anak-Anak

Ilustrasi jejak kaki (Indian Army)

Studi baru ini dianggap sebagai "karya yang disajikan dengan indah," kata Matthew Bennett, seorang profesor ilmu lingkungan dan geografi di Universitas Bournemouth di Inggris, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Ini adalah contoh kecanggihan yang dengannya kita sekarang dapat mengetahui jejak, apakah itu milik manusia atau hewan," katanya.

Namun, mengingat para peneliti sudah tahu bahwa manusia purba tinggal di daerah itu dan beraktivitas dalam gua, temuan itu tidak menambah banyak pemahaman ilmiah tentang orang-orang Zaman Batu, kata Bennett. "Ini adalah sekelompok orang yang menjelajahi gua, yang keren, tapi kami telah tahu itu," katanya.

Bennett menambahkan bahwa tidak jarang menemukan jejak kaki anak-anak yang berbaur dengan jejak orang dewasa pada zaman purba itu.

Sebagian, hal itu karena populasi anak-anak cenderung melebihi jumlah orang dewasa selama Paleolitik atas dan karena anak-anak mengambil lebih banyak langkah daripada orang dewasa, karena kaki mereka lebih pendek.

Selain itu menurutnya, anak-anak melakukan hal - hal konyol untuk bermain. Misalnya, mereka menari-nari, berlari-lari, dan tidak berjalan hanya satu arah," kata Bennett. "Masuk akal secara statistik bahwa kita menemukan lebih banyak jejak kaki anak-anak."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sadis, Majikan Siram Air Panas ke PRT Hingga Melepuh di Bali

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Nasib tragis dialami oleh Eka Febriyanti. Perempuan 21 tahun yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT) itu harus merasakan getirnya hidup. Tubuhnya penuh luka melepuh akibat disiram air panas oleh majikan dan anaknya.

Mereka adalah DMW dan kedua anaknya SYA dan KED. Kasus ini terjadi pada 7 Mei 2019 sekira pukul 09.00 Wita.

Pemicu kasus ini sepele, yakni Eka Febriyanti tak menemukan gunting berwarna merah yang diminta oleh DMW selaku majikan. Kala itu, DMW meminta Eka Febriyanti mencari gunting berwarna merah.

Sembari meminta mencarikan gunting yang dimintanya, Desak Made Wiratningsih juga mengancam akan menyiram perempuan asal Jember, Jawa Timur itu jika tak berhasil menemukan gunting yang dimintanya itu.

Sial bagi perempuan kelahiran Jember, 21 Februari 1998 itu, mencari hingga tiga jam lebih guntig merah sebagaimana dimaksud majikannya itu tak juga ketemu.

"Saat bilang akan menyiram air panas jika gunting tak ketemu, pembicaraan DMW didengar oleh kedua anaknya. Korban mencari gunting itu hingga pukul 12.30 WITA tak kunjung ketemu," jelas Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Bali, Kombes Pol Andi Fairan, Rabu (15/5/2019).

DMW kemudian meminta anaknya memasak air panas sebanyak dua panci. Lalu, pelaku memanggil korban ke kamarnya di lantai atas rumah. Di dalam kamar sudah ada dua anaknya yang membawa dua panci air panas.

Pelaku yang tak lain majikannya itu bertanya di mana guntingnya. Oleh korban dijawab tidak ketemu. Akhirnya majikannya ini mengambil air panas dengan menggunakan gelas dan menyiramkannya ke tubuh korban sebanyak satu kali dari atas kepala secara perlahan.

Selanjutnya majikan korban menyuruh SYA dan KED secara bergantian menyiramkan air panas ke tubuh korban dengan menggunakan gelas berkali-kali sampai air panas sebanyak dua panci tersebut habis.

"Korban hanya bisa berteriak 'aduh panas-panas' dan 'ampun-ampun', tapi mereka tidak peduli," tuturnya.

Usai itu, korban disuruh membersihkan bekas siraman air panas ke tubuhnya yang berceceran di lantai. Tak hanya itu, pelaku juga meminta korban kembali mencari gunting yang dimaksudnya tadi, sembari mengancam akan kembali menyiram dengan dua panci air panas.

Sial bagi Eka Febriyanti, gunting yang diminta majikannya tak juga ketemu. "Selanjutnya pada pukul 22.00 Wita korban diminta kembali naik ke lantai atas ke kamar majikannya. Di dalam kamar sudah ada SYA dan KED," cerita Andi.

 

 

Kabur Saat Majikan Tidur

Korban mendapat perawatan dari rumah sakit (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Drama penyiksaan itu kembali terjadi. Eka Febriyanti kembali disiram air panas dari dispenser yang berada di dalam kamar majikannya itu.

"Pelaku menyuruh anaknya SYA dan KED untuk menyiram air panas menggunakan gelas ke tubuh korban berkali-kali sambil memarahi. Kejadian itu berlangsung hingga pukul 02.00 Wita," paparnya.

Tak puas sampai di situ, pelaku kembali menyuruh korban mencari gunting hingga pagi hari. Eka Febriyanti melihat kondisi rumah. Saat itu, majikannya sedang tertidur pulas. Sementara anaknya, Santi Yuni Astuti sedang mandi.

Korban akhirnya melarikan diri dengan cara memanjat tembok rumah. "Korban lari menuju warung yang tak jauh dari sana. Ia kemudian diberi makan, kue dan uang Rp5.000. korban akhirnya berjalan kaki dan berhenti lagi di sebuah warung. Di sana dia diberi makan dan diantar ke Pos Polisi Gianyar," paparnya.

Kepada polisi, saat itu korban mengaku jatuh kecelakaan dan meminta diantar ke rumah saudaranya di bilangan Nusa Dua. Namun, saudara korban sudah pindah rumah. Beruntung ia bertemu temannya bernama Ayu dan menceritakan penyiksaan yang dialaminya. Dari sana, ia kemudian melaporkan ke pihak Polda Bali.

""Kasusnya sudah dilaporkan yakni dugaan tindak pidana kekerasan fisik dalam lingkup rumah tangga sebagaimana dimaksud pasal 44 UU RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Kita sudah memeriksa saksi-saksi dan segera mengamankan pelaku," tutupnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Yayan Ruhian dan Cecep, Ini Orang Indonesia di Balik Film John Wick 3

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gala premier film John Wick Chapter 3: Parabellum telah dilaksanakan di Jakarta, Selasa (14/5/2019) kemarin. Selain dibintangi Keanu Reeves, John Wick 3 menampilkan dua aktor Indonesia, yakni Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Dalam acara ini pun datang pula pasangan Iko Uwais dan Audy Item untuk mendukung serta menyelamati Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman. Usai menonton, Iko Uwais meluapkan kebanggaannya pada Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Namun selain dua aktor Indonesia yang ikut berlaga dalam film ini, ternyata masih ada orang Indonesia yang berada di balik layar film John Wick 3. Ya, ternyata kemampuan orang Indoensia kini diakui di industri perfilman Hollywood.

Berikut ulasan mengenai orang Indonesia yang berada di balik layar film John Wick 3 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2019).

Teddy Setiawan Kho

Teddy Setiawan Kho (Sumber: imdb)

Selain Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, ternyata ada Teddy Setiawan Kho yang berada di balik layar John Wick 3: Parabellum. pria 38 tahun ini bekerja menjadi salah satu set desainer yang berada di Maroko dalam film John Wick 3.

Tentu karena film John Wick 3 ini baru saja rilis, masih banyak yang belum menontonnya. Namun untuk mengetahui hasil karya Teddy ini bisa kamu saksikan di film Crazy Rich Asian. Dalam film tersebut, Teddy juga bekerja menjadi salah satu set desainer.

Pria lulusan Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) ini dalam film Crazy Rich Asian membuat set yang cukup signifikan seperti set interior pesawat, set pernikahan di gereja dan  set toko perhiasaan (opening Astrid Wu), Rumah keluarga Goh, Hotel Raffles, sebagian Tyersall Park House, dan Cafe Cake and Carry (kafe pada adegan pembuka).

Film yang pernah dikerjakan

 

Ternyata, selain film Crazy Rich Asian dan John Wick 3: Parabellum, sudah cukup banyak keterlibatan Teddy Setiawan Kho dalam pembuatan berbagai film. Mengutip dari laman profil imdb miliknya, Teddy menjadi bagian dalam art department dalam beberapa film dan serial.

Seperti Little Dragron (2019), Serial Stike Back (2019), Crazy Rich Asian (2019), Beyond Skyline (2017), Serial Marco Polo (2016), Lost in the Pacific (2016), 1965 (2015), Joker Game (2015).

Selain menjadi art directon Teddy juga menjadi art director dalam film dan serial: Serial The Ghost Bride (2018), Beirut (2018), John Wick 3: Parabellum (2019)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jam Kelahiranmu Ungkap Kepribadian, Cek di Sini

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anda pasti perrnah mendengar bahwa para astrolog dan numerolog mengklaim bahwa waktu atau jam kelahiran memberikan informasi yang sangat penting. Tak masalah bila Anda tak mempercayai prediksi ini atau tidak.

Jika ingin mempelajari lebih lanjut tentang seseorang atau sekadar bersenang-senang, inilah caranya. Berikut ini penjabarannya seperti dilansir dari Betterme.tips.

1. 00:00-02:00

Mereka yang lahir di waktu ini dinaungi oleh Planet Merkurius. Mereka biasanya menjadi yang dalam hal akademi, memiliki kemampuan organisasi dan analitis yang baik.

Pekerjaan mereka biasanya berhubungan dengan perjalanan bisnis dan komunikasi. Dalam hubungan romantis, orang-orang ini terlalu terbuka atau malah sangat tertutup sehingga mereka seringkali tidak bahagia dalam percintaan.

2. 02:00-04:00

Mereka yang lahir di waktu ini dinaungi oleh Planet Venus. Mereka tahu cara menghasilkan uang dan pecandu kerja.

Mereka mencintai seni dan musik, serta selalu mengikuti tren. Mereka menghargai kesetiaan dan pengabdian dalam hubungan percintaan mereka.

 

 

3. 04:00-06:00

ilustrasi bantal/Photo by Vladislav Muslakov on Unsplash

Orang-orang yang lahir di waktu ini berada dalam naungan planet Mars. Mereka sangat menonjol di antara yang lain karena memiliki kepribadian yang luar biasa dan cemerlang.

Namun terkadang, mereka bisa amat agresif. Mereka lebih suka membangun hubungan cinta dengan seseorang yang lebih kuat dari diri mereka sendiri.

4. 06:00-08:00

Orang-orang ini dinaungi oleh Neptunus. Mayoritas mereka religius dan pengertian. Sulit bagi mereka memilih profesi yang cocok untuk diri sendiri.

Mereka sering membuat keputusan yang tak terduga dan tak dapat dijelaskan dalam kehidupan cinta mereka.

 

 

5. 08:00-10:00

ilustrasi perempuan/Photo by Kipa Chan on Unsplash

Orang-orang ini dinaungi oleh Uranus. Mereka digambarkan sebagai orang yang sangat baik dan ramah. Mereka memiliki banyak teman.

Kebanyakan dari mereka menjadi pemimpin informal. Mereka sangati sehingga memiliki banyak urusan sepanjang hidup mereka.

6. 10:00-12:00

Mereka tahu siapa diri mereka dan apa yang mereka mau. Mereka menghargai kreativitas serta mendambakan ketenaran dan perhatian.

Mereka adalah pemimpin alami dan selalu memastikan bahwa semua yang dilakukan sempurna.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Highlight Shopee Liga 1, PSS Vs Arema FC 3-1

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juara Piala Presiden 2019 Arema FC tidak berkutik pada laga pembuka Shopee Liga 1 2019. Singo Edan menyerah 1-3 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/2019) malam WIB. Brian Federico Ferreira menjadi biang petaka bagi Arema FC dengan sumbangan satu gol dan dua assist untuk Super Elang Jawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Memotret Momen Malam dengan Realme 3 Pro

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fotografi dengan smartphone kini telah mencapai level baru. Bagaimana tidak, sejumlah vendor merilis smartphone dengan kamera yang diklaim mampu menjepret momen malam dengan lebih baik, salah satunya adalah Realme.

Vendor asal Tiongkok tersebut baru-baru ini merilis smartphone paling anyar yakni Realme 3 Pro. Perangkat ini hadir mengunggulkan kemampuan kamera, terlebih untuk menjepret momen malam hari.

Sekadar informasi, Realme 3 Pro dibekali dengan kamera ganda beresolusi 16MP dengan aperture f1.7 dan 5MP dengan aperture f2.4 untuk mengambil foto berlatar bokeh.

Untuk meningkatkan kualitas hasil foto di dalam hari dengan Realme 3 Pro, Realme menghadirkan dukungan mode Nightscape.

Camera Developer of Realme Research and Developemnt Team, Chandler Qian, mengatakan, mode Nightscape di kamera belakang Realme 3 Pro digunakan untuk meningkatkan dynamic range, oleh karenanya detail pada foto bisa terlihat walaupun cahaya redup.

"Dynamic range meningkatkan detail pada cahaya redup," kata Qian dalam acara Buka Puasa bersama Realme di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Tips Memotret Malam Hari dengan Realme

Realme 3 Pro. Liputan6.com/Agustin S. Wardani

Qian pun memamparkan sejumlah tips untuk bisa memotret malam dengan lebih baik menggunakan kamera Realme 3 Pro.

1. Pegang Smartphone dengan Tenang

Qian menyarankan agar pengguna selalu memegang smartphone dengan tenang saat hendak memotret momen.

"Pada dasarnya saat mengaktifkan modus Nightscape, perangkat mengambil banyak foto sehingga pengguna diharapkan jangan bergoyang-goyang setidaknya dua detik," kata Qian.

Kemudian, setelah kamera menjepret banyak gambar, smartphone memproses dengan mengkombinasikannya dan menyajikan sebuah foto dengan hasil yang detail.

Objek difoto dengan Realme 3 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perbedaan saat menggunakan mode Nightscape:

Objek difoto dengan Realme 3 Pro menggunakan mode Nightscape (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Tips Memotret Malam Hari dengan Realme

Realme 3 Pro. Liputan6.com/Agustin S. Wardani

2. Ada Cahaya

Qian menyebut, untuk mendapatkan foto malam hari dengan Realme 3 Pro, pengguna perlu memastikan, pada objek yang diambilnya terdapat cahaya yang cukup.

"Untuk memotret dengan mode Nightscape di Realme 3 dan Realme 3 Pro, pengguna perlu memastikan ada cahaya, sehingga dynamic range yang dihasilkan seimbang," tutur Qian.

3. Coba Potret Objek Manusia

Qian menyarankan, selain memotret pemandangan malam, pengguna juga bisa memotret objek manusia. Pasalnya, Nightscape juga dirancang untuk memotret manusia.

Objek difoto dengan Realme 3 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Perbandingan saat objek difoto dengan mode Nightscape:

Objek difoto dengan Realme 3 Pro menggunakan mode Nightscape (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Minta Dinkes Siaga Hadapi Cacar Monyet

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan meminta dinas kesehatan (dinkes) provinsi dan kabupaten/kota, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit, dan puskesmas untuk mewaspadai penyakit cacar monyet (monkeypox). Hal ini tertuang dalam surat edaran tentang Kewaspadaan Importasi Penyakit Monkeypox bertanggal 13 Mei 2019.

Kesiapsiagaan dinkes, KKP, rumah sakit dan fasilitas kesehatan diperlukan dalam menghadapi cacar monyet mengingat Indonesia berbatasan dengan Singapura yang untuk pertama kalinya ada kasus ini pada awal Mei lalu.

"Yang paling dekat dengan Singapura adalah Batam. Jadi kami imbau dinkes di sana ( seperti KKP, rumah sakit, dan puskesmas) untuk waspada. Terutama KKP yang menjadi pintu keluar masuk warga negara Singapura," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono pada Rabu (15/5/2019) seperti dikutip rilis dari Kemenkes.

Berdasarkan data Sistem Karantina Kesehatan (Sinkarkes) dari Januari hingga 10 Mei 2019, kedatangan kapal ke Indonesia terbanyak dari Singapura, yakni 18.176 kapal. Di samping itu, penerbangan dari Singapura relatif cukup banyak sehingga kemungkinan penyebaran penyakit monkeypox bisa terjadi.

 

Sebarkan Informasi Soal Cacar Monyet

Informasi tentang cacar monyet atau monkeypox dipasang di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (15/5/2019). Cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan virus. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemenkes juga meminta KKP menyebarluaskan informasi tentang cacar monyet kepada masyarakat. Juga melakukan pengawasan yang lebih intensif kepada kru dan pelaku perjalanan dari Singapura, negara-negara Afrika Barat, dan Afrika Tengah, terutama bagi mereka yang terdeteksi demam atau sakit yang diduga gejala cacar monyet.

Selain itu, KKP diminta meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan alat angkut untuk memastikan telah bebas rodent (hewan pengerat seperti tikus).

Rumah sakit dan puskesmas juga diminta menyebarluaskan informasi terkait cacar monyet dan memberikan pelayanan kesehatan dengan menggunakan alat pelindung diri (minimal masker dan sarung tangan).

 

Gejala Awal Cacar Monyet

Penularan cacar monyet ke manusia biasanya karena mengonsumsi daging binatang yang sudah terkontaminasi dengan virus tersebut. Namun, penularan dari manusia ke manusia, kata Anung, sangat jarang terjadi.

Gejala cacar monyet yakni timbul demam, sakit kepala hebat, limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening), nyeri punggung, nyeri otot dan lemas.

Lalu, ruam pada kulit muncul pada wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ruam ini berkembang mulai dari bintik merah seperti cacar (makulopapula), lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, kemudian mengeras. Biasanya diperlukan waktu hingga 3 minggu sampai ruam tersebut menghilang.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Singapura pada 9 Mei 2019 menyebutkan telah terjadi satu kasus konfirmasi cacar monyet pertama di Singapura. Kasus itu menimpa warga negara Nigeria. Dia berkunjung ke Singapura pada 28 April 2019 lalu dinyatakan positif terinfeksi virus monkeypox pada 8 Mei 2019. Dia dan 23 orang yang kontak erat dengannya telah dikarantina.

Siaga Cacar Monyet

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tasya Kamila Berjuang 3 Hari demi Lahirkan Sang Buah Hati

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tasya Kamila resmi menjadi seorang ibu. Ia telah melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki di Brawijaya Woman and Children Hospital, Senin (13/5/2019).

Melalui akun Instagram-nya, Tasya Kamila menceritakan tentang perjuangan panjang melahirkan sang buah hati. Semula, ia ingin melahirkan secara normal. Namun pembukaan tak kunjung bertambah.

"Dari hari Sabtu udh ke rumah sakit @brawijayahealthcare, diinduksi sampe 4x, saking lamanya di ruang bersalin sampe dpt gelar Ibu Lurah RS," tulis mantan artis cilik ini sebagai keterangan, Rabu (15/5/2019).

Demi kebaikan ibu dan anaknya, Tasya Kamila pun menjalani operasi caesar. Ia bersyukur karena sang buah hati lahir dengan sehat dan selamat.

"Sayangnya induksi gak berhasil dan akhirnya operasi deh tapi semuanya worth it ketika bisa memeluk si baby. Every birthing journey is special and all of the struggles are worth it," sambungnya.

Foto Keluarga

[Foto: Instagram Tasya kamila]

Fotonya sendiri memperlihatkan Tasya Kamila yang sedang memangku bayi bernama Arrasya Wardhana Bachtiar tersebut. Sementara sang suami duduk tepat di sisi Tasya kamila.

Kebahagiaan tak bisa disembunyikan dari raut wajah pasangan muda ini. Tasya dan Randi tampak begitu antusias dengan kehadiran sang malaikat kecil di tengah keluarganya.

Ucapan

(Instagram/tasyakamila)

Rekan sesama artis pun mengucapkan selamat atas kelahiran anak Tasya Kamila dan Randi Bachtiar. "Selamat sayang happy parenting," tulis Krisdayanti di kolom komentar.

"Selamat sayaaang semoga jadi anak sholeh kebanggaan orang tua," tambah Fitri Tropica.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Siang Hari, Warung Makan di Sukabumi Ditutup Paksa

Posted: 15 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sukabumi - Tim gabungan yang terdiri dari Majelis Ulama Indonesia, Satpol PP, Polisi dan TNI menutup paksa sejumlah rumah makan di Kota Sukabumi, Jawa Barat. Sejumlah rumah makan itu melanggar aturan jam operasional yang telah dibuat oleh Walikota Sukabumi.

"Di pekan kedua Ramadan ini ternyata masih banyak rumah makan yang tetap buka pada siang hari atau tidak sesuai dengan aturan Wali Kota Sukabumi tentang aktivitas rumah makan seama Ramadan," kata Ketua Komisi Dakwah MUI Kota Sukabumi, M Nur Kosim di Sukabumi, seperti di lansir Antara, Rabu, 15 Mei 2019.

 

Sebelum ditutup paksa, petugas terkait sebelumnya telah secara rutin memberikan teguran, namun ruma makan itu masih tetap nekat buka pada siang hari. Petugas langsung melakukan tindakan dengan menutup rumah makan tersebut dan baru boleh buka lagi pukul 16.00 WIB.

Dalam Peraturan Wali Kota Sukabumi itu, jelas Nur Kosim, selain rumah makan baru bisa buka pada pukul 16.00 WIB, pengunjung pun masih tidak diperbolehkan untuk makan di dalam rumah makan. Pengunjung harus menunggu waktu berbuka puasa untuk bisa makan di dalam rumah makan.

Razia yang dinamai Operasi Simpatik ini juga untuk mengingatkan kepada pemilik rumah makan agar menghormati warga yang sedang melaksanakan ibadah puasa. 

Selain itu, langkah ini pun untuk antisipasi terjadinya gangguan keamanan seperti adanya kelompok masyarakat yang tersinggung atau terganggu dengan rumah makan yang tetap beraktivitas di siang hari.

"Kami imbau agar pemilik rumah makan, warung nasi dan sejenisnya mengikuti dan mentaati aturan tersebut hanya selama Ramadan saja. Ini untuk menghormati warga yang melaksanakan ibadah puasa," tambahnya.

Nur Kosim mengatakan jika rumah makan tersebut masih ngeyel dan tetap buka bukan pada jadwalnya maka tidak menutup kemungkinan akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

Sementara salah seorang pemilik rumah makan di Sukabumi yang enggan disebutkan namanya mengaku tetap membuka usahanya di siang hari karena ingin membantu pegawainya sebab jika tidak usaha maka karyawannya itu tidak bisa mendapatkan upah dan tunjangan hari raya (THR) saat lebaran nanti.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: