Jumat, 03 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wabah Penyakit Misterius di Jeneponto, Ratusan Warga Dirukiah

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jeneponto - Warga yang tinggal di Dusun Garonggong, Desa Tuju, Kecamatan Bangakala Barat, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan dibuat geger dengan munculnya penyakit misterius. Puluhan orang telah terjangkit penyakit misterius itu, bahkan 4 orang di antaranya meninggal dunia.

Sejumlah warga yang diserang penyakit misterius itu langsung dilarikan ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan intensif di dua rumah sakit, yaitu RSUD Jeneponto dan RSUD Takalar.

"Penyakit itu memang aneh, karena muncul tiba-tiba dan langsung menyerang warga satu Dusun, di Desa Tuju," kata Kepala Desa Tuju, Andi Indrawati Naim, saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jumat malam, (3/5/2019).

Hingga kini dokter dari rumah sakit tempat seluruh warga itu dirawat masih belum mengetahui penyakit apa yang menyerang warga Dusun Garonggong tersebut.

"Saya juga tidak tahu penyakit apa namanya itu. Dokter saja tidak tahu penyakit apa namanya," kata Indrawati.

Dari keterangan dokter, lanjut Indrawati, mulanya penyakit itu dikiranya hanya demam berdarah, malaria atau tipus. Namun, dari hasil pemeriksaan darah terhadap pasien tidak menunjukkan bahwa mereka terjangkit penyakit tersebut.

"Iya hasilnya negatif. Lalu kemudian dicurigai itu virus Chikungunya dan Demam Zika karena gejalanya hampir sama, tapi juga bukan," katanya.

Hingga kini dokter pun kebingungan untuk mengetahui jenis penyakit apa yang diderita oleh warga-Warga dari Dusun Garonggong tersebut. Tim medis hanya berupaya masksimal agar wabah penyakit misterius ini tidak memakan korban lagi.

Serangan Jin?

Sekitar 350 warga dirukiah massal lantaran khawatir tertular penyakit misterius (Fauzan/Liputan6.com)

Lantaran tidak adanya penjelasan secara medis jenis penyakit apa yang mewabah di Dusun Garonggong tersebut, sejumlah warga pun menduga penyakit yang tersebar ini ada kaitannya dengan hal mistis.

Alhasil, warga pun beramai-ramai memanggil ustaz untuk merukiah seluruh Warga yang terjangkit maupun yang belum terjangkit. Mereka percaya penyakit ini adalah sihir atau serangan jin.

"Warga mamanggil ustaz bernama Israil, bersama lima orang anggotanya untuk melakukan rukiah dan saat itu 350 warga ikut dirukiah di Masjid Jihad 45, Desa Tuju," jelas Indrawati.

Sejumlah warga bahkan memilih angkat kaki dari Desa Tuju lantaran khawatir terjangkit penyakit misterius tersebut. "Kita belum tahu jumlahnya berapa, yang jelas banyak. Mereka takut ketularan," katanya.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Jeneponto, Syafruddin Nurdin mengatakan, penyakit yang mewabah di Desa Tuju merupakan penyakit yang langka.

"Kemungkinannya ini sebagai sebuah penyakit yang kita anggap langka di Jeneponto," kata Syafruddin.

Tak ingin penyakit misterius ini semakin memakan banyak korban, Syarifuddin pun meminta Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan untuk turun tangan menangani permasalahan ini.

"Kita anggap sebagai demam berdarah diperiksa ternyata bukan demam berdarah. Dianggap sebagai tipes diperiksa ternyata juga bukan bukan tipes, dianggap malaria kita periksa juga bukan malaria," jelasnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bajong Banyu, Perang Menyambut Ramadan di Magelang

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Ramadan di Magelang selalu dinanti. Berbagai ritual disiapkan warga untuk menyambutnya. Saat-saat inilah persilangan budaya dan saling silang antara budaya-agama-turistik menyatu menemu momen yang sama.

Warga Dusun Dawung, Desa Banjarnegoro, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar tradisi Bajong Banyu. Sebuah tradisi yang mirip dengan padusan, namun menjadi berwajah turistik. Sebuah evolusi tradisi menyambut Ramadan di Magelang.

Diawali dengan berbagai gelaran kesenian rakyat, tradisi Bajong Banyu adalah proses memuliakan sumber air. Berbagai kesenian rakyat itu berfungsi untuk mengumpulkan warga di sebuah titik

Setelah warga berkumpul, maka prosesi dilanjutkan dengan pengambilan air di sumber air Tuk Dawung.

"Ini hanya bisa dilakukan oleh sesepuh dusun dan warga terpilih yang ditokohkan," kata Narti, salah satu peserta.

Untuk mengambil air itu, warga harus berjalan kaki dari titik keramaian di tengah dusun menuju sumber air yang berjarak sekitar 500 meter. Pada baris terdepan adalah para pembawa kendi yang akan diisi air. 

"Kanthi wijik saha siram banyu menika, kita ngantu-antu saged wangsul suci sak perlu lumebet wulan siyam. (Dengan mencuci diri dan mandi menggunakan air ini, kita berharap bisa kembali suci untuk memasuki bulan puasa," kata salah satu orang tua.

Tradisi menyambut Ramadan di Magelang memang selalu istimewa. Selalu dimeriahkan kesenian rakyat. Dituturkan dalam bahasa yang lembut.

 

 

Perang Air

Anak-anak diguyur air sebagai penanda dimulainya perang air menyambut ramadan. (foto: liputan6.com / edward / edhie prayitno ige)

Setelah berdoa, empat orang penari mendampingi prosesi pengambilan air. Air dimasukkan ke dalam kendi untuk dibawa ke lapangan.

Air itu kemudian dituang dalam sebuah wadah besar serupa gentong. Sesepuh desa memmpin doa agar air itu diberkahi penguasa alam dan mampu menyucikan hati warga dusun dan siapapun yang datang terlibat.

Diawali dengan mengguyur kepala anak-anak, maka acara dilanjutkan dengan saling melempar kantong plastik berisi air. Perang dimulai.

Menurut mbah Pur, tradisi ini selain ekspresi kegembiraan menyambut datangnya ramadan, juga sebagai sarana silaturahmi untuk saling memaafkan.

"Ketika berpuasa, kondisi lahir batin sudah bersih," katanya.

Noviyanti, salah satu warga Dusun Dawung yang masih remaja menyebutkan bahwa ia selalu ikut tradisi Bajong Banyu. Ia rela seluruh tubuhnya basah usai kegiatan ini.

"Seru. Bisa lempar orang-orang tua yang pada saat biasa kami tak bisa lakukan. Nanti kalau sudah selesai saling minta maaf dan bisa jadi sebuah cerita antar kami," kata Novi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faktor Pemicu Anak Alami Tekanan Darah Tinggi

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak juga bisa mengalami tekanan darah tinggi. Salah satu faktornya karena perubahan gaya hidup yang membuat anak jadi mengalami kondisi ini. 

"Perubahan gaya hidup, asupan makanan harian, camilan anak-anak kini banyak mengandung garam. Kita tidak akan pernah tahu seorang anak memiliki masalah tekanan darah kecuali diukur," ujar Joshua Samuels, Direktur Program Hipertensi di Pusat Ilmu Kesehatan, Universitas Texas, Amerika Serikat. 

Jika anak berusia di atas 3 tahun jangan lupa untuk memeriksakan tekanan darah. Namun, memang anak di bawah 13 tahun memiliki ambang tekanan darahnya berbeda dari orang dewasa seperti dilansir Healthline. 

 

Mengukur tekanan darah (iStockphoto)

Secara umum, anak-anak memiliki tekanan darah lebih rendah daripada orang dewasa. Dokter harus menggunakan perhitungan tertentu berdasarkan persentil untuk mengevaluasi apa yang normal, tinggi atau sangat tinggi.

"Jika anak memiliki tekanan darah yang tinggi atau sangat tinggi, dokter harus melakukannya dua kali lagi. Beberapa anak memiliki tekanan darah tinggi karena dari white coat syndrome, yaitu merasa stres dan level tekanan darahnya jadi tinggi saat bertemu dokter," ungkap Joshua.

Tekanan darah tinggi pada anak-anak bisa mengindikasikan masalah jantung dan pembuluh darah, masalah ginjal, atau masalah sistem endokrin. Inilah sebabnya mengapa tekanan darah anak juga harus diperiksa secara rutin.

 

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenaikan Tarif Ojek Online Tak Pengaruhi Jumlah Penumpang

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mulai 1 Mei 2019, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan besaran tarif baru bagi ojek online.

Setelah tiga hari masa pemberlakuan regulasi tersebut, ada pro-kontra di kalangan masyarakat maupun pengemudi ojek online

Namun, baik pengamat transportasi maupun pengemudi ojek online menyatakan tidak ada perubahan jumlah penumpang yang drastis dalam 3 hari ini. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi menuturkan, ditetapkan tiga sistem zonasi untuk tarif ini, yaitu zona 1 untuk wilayah Sumatera, Jawa (tanpa Jabodetabek), dan Bali; zona 2 yaitu Jabodetabek; dan zona 3 yaitu Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya.

"Besaran tarif net zona 1 yaitu batas bawah Rp1.850 dan batas atas Rp2.300, dengan biaya jasa minimal Rp7.000-Rp10.000. Sementara zona 2 batas bawah Rp2.000 dan batas atas Rp2.500 dan biaya jasa minimal Rp8.000-Rp10.000. Untuk zona 3 batas bawahnya Rp2.100 dan batas atas Rp2.600 dengan biaya jasa minimal Rp7.000-Rp10.000," terang Budi, Sabtu (4/5/2019).

Sementara itu, pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyatakan, melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 348 tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi haruslah tetap berpedoman pada prinsip keselamatan.

"Untuk perhubungan tentu lebih menitikberatkan pada aspek keselamatan karena sesuai dengan tugasnya. Karena selama ini kita lihat mulai dari 3 tahun lalu pendapatan para pengemudi ojek ini sudah termasuk besar. Sementara kini sudah jauh berbeda," ujar Djoko.

Djoko menuturkan, dengan ada regulasi ini, Pemerintah mencoba membantu pengemudi ojek online.

"Karena kalau tarif lebih rendah pasti berefek pada keselamatan. Oleh karena itu, daripada mengorbankan aspek keselamatan, maka tarif juga harus disesuaikan. Sejauh ini saya lihat belum ada protes dari pihak pengemudi, karena permintaan penumpang masih terpantau normal," kata Djoko.

 

Tanggapan Pengemudi Ojek Online

Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Selasa (19/3). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan aturan ojek online sudah ditandatangani pada 11 Maret 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Irwanto atau yang akrab disapa Babeh Bewok sebagai seorang pengemudi ojek online menyatakan tidak ada hal yang signifikan yang mempengaruhi permintaan jumlah penumpang. 

"Kalau menurut saya dan teman- teman dalam 2 hari ini tidak ada perubahan, jumlah penumpang tetap sama saja. Kalau 1 Mei kemarin karena hari libur belum terasa dampaknya, tapi hari ini masih terasa normal dari jumlah penumpangnya," ujarnya.

Dalam keterangan yang disampaikannya tersebut, Babeh Bewok juga mengonfirmasi baik kedua aplikator telah menetapkan tarif sesuai aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. 

Hanya saja ia menyayangkan jika saat ini peraturan tersebut masih berlaku di beberapa kota besar di Indonesia saja yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar.  Serupa dengan Babeh, Chairul yang juga merupakan pengemudi ojek online saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat menyatakan tidak ada penurunan jumlah penumpang.

"Kalau saya selama 2 hari ini tetap saja penumpangnya, sama seperti sebelum adanya kenaikan tarif ojek online ini," ujar Chairul. Tidak jauh berbeda dengan Babeh dan Chairul, Angga Juhara yang juga pengemudi ojek online di wilayah Bandung, Jawa Barat menyatakan dalam 3 hari ini tidak ada perubahan jumlah penumpang.

"Penumpang sih pertama memang kaget karena ada kenaikan, tapi pada akhirnya mereka tidak masalah karena tetap lebih murah daripada ojek pangkalan," ujar Angga.

 

 

Tarif Baru Ojek Online Mulai Berlaku 1 Mei

Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Senayan, Jakarta, Selasa (19/3). Permenhub No.12 tahun 2019 mengatur empat hal yakni, keselamatan, kemitraan, suspensi mitra driver dan biaya jasa atau tarif ojek online. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, peringatan May Day kali ini rupanya juga turut dinantikan para pengemudi ojek online. Ya, tarif baru ojek online akan mulai efektif diberlakukan di 5 kota besar pada Rabu, 1 Mei 2019.

Keputusan tarif baru itu telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 347 Tahun 2019 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat yang Dilakukan dengan Aplikasi.

"Peraturan terkait ojek online termasuk tarif (biaya jasa) mulai diberlakukan di 5 kota mewakili 3 zona, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, seperti dikutip Rabu (1/5/2019).

Adapun ketentuan tarif baru ini memang akan dibagi ke dalam 3 zona. Antara lain, Zona I Sumatera, Jawa dan Bali kecuali Jabodetabek, Zona II Jabodetabek, dan Zona III untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi hingga Maluku.

Ketentuan tarif ojek online ini juga berlaku nett untuk pengemudi, dengan pemberlakuan biaya jasa minimal di bawah 4 km.

Untuk Zona I, Tarif Batas bawah Rp 1.850 per km dengan tarif batas atas Rp 2.300 per km. Biaya jasa minimal yang dikenakan Rp 7.000 sampai dengan Rp 10.000.

Sementara pemberlakuan tarif batas bawah untuk Zona II yakni Rp 2.000 per km dengan ketentuan tarif batas atas Rp 2.500 per km. Biaya jasa minimal yang dikenakan Rp 8.000 sampai dengan Rp 10.000.

Sedangkan pemberlakuan tarif batas bawah untuk Zona III Rp 2.100 per km dan tarif batas atas Rp 2.600 per km, dengan biaya jasa minimal Rp 7.000 sampai dengan Rp 10.000.

Penetapan biaya jasa batas bawah, batas atas maupun biaya jasa minimal ini merupakan biaya jasa yang telah mendapatkan potongan biaya tak langsung berupa biaya sewa penggunaan aplikasi.

Biaya tak langsung merupakan biaya jasa yang ada di dalam pihak aplikator sebanyak maksimal 20 persen, dengan sisa 80 persen menjadi hak pengemudi.

Selain biaya langsung dan tidak langsung, ada juga biaya jasa minimal (flag fall) yakni biaya jasa yang dibayarkan oleh penumpang untuk jarak tempuh paling jauh 4 km.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, penerapan tarif ojek online di 5 kota ini akan dievaluasi dalam satu pekan ke depan untuk memperoleh masukan dari respon yang ada. Penentuan lima kota tersebut merupakan upaya mitigasi risiko dan manajemen dalam penerapan regulasi.

"Artinya, kalau di lima kota itu kita lihat bagaimana dinamikanya. Kalau dinamikanya baik dan tidak ada reaksi (negatif), langsung kita berlakukan (di kota lain)," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Cuma Remaja, Lansia Juga Kepincut Main Gim Tiap Hari

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Survei terbaru menunjukkan kalau lanjut usia (lansia) berusia di atas 65 tahun ternyata doyan bermain gim.

Survei yang diadakan proyek kampanye Must Play May di Inggris ini, melibatkan 2.000 orang dewasa terkait kebiasaan mereka dalam menghibur diri dengan gim.

Dilansir Mirror, Sabtu (4/5/2019), terungkap kalau 42 persen orang berusia 55-64 tahun menikmati bermain gim setiap hari.

Sementara, 27 persen lansia berusia 65 tahun dan ke atas mengaku sudah bermain gim selama lima tahun terakhir.

Adapun jenis genre gim yang populer dimainkan adalah gim ber-genre strategi, dengan persentase 40 persen. Sementara 20 persen berkata kalau mereka suka bermain gim multiplayer agar tak mau kalah dari cucu-cucunya.

Proyek kampanye Must Play May diadakan oleh Ellie Gibson dan Helen Thorn, yakni host dari podcast Scummy Mummies.

Mereka berkata, temuan ini begitu menarik karena bermain gim bagi lansia tak cuma untuk kebutuhan hiburan semata, tetapi juga aktivitas agar tak lepas dari cucu.

 

Berkat Teknologi Ini, Otak Lansia Bisa Bekerja Layaknya Remaja 20 Tahun

Kehilangan kemampuan berbahasa setelah koma disebabkan karena rusaknya salah satu bagian otak (Foto: foxnews.com)

Teknologi stimulasi otak dipercaya bisa mengubah kinerja otak lanjut usia (lansia) berfungsi layaknya otak manusia berusia 20 tahun.

Teori tentang teknologi tersebut, diterbitkan dalam jurnal Nature Neuroscience. Ilmuwan juga telah mengujicoba teknologi ini ke sukarelawan yang terdiri dari beberapa lansia dan remaja.

Dengan menstimulasi dua area di otak lansia dalam ritme spesifik, kinerja otak lansia dipercaya bisa lebih ringan dan berpikir layaknya remaja. Demikian seperti dikutip Mirror, Kamis (11/4/2019).

Pun demikian, teori ini masih terbilang dini dan hanya bisa diaplikasikan ke lansia yang kondisi kesehatannya prima.

Ke depannya, teknologi bernama electroencephalography (EEG) ini akan digunakan untuk membantu lansia dengan penyakit dementia dan alzheimer.

EEG sendiri bertugas untuk memonitor aktivitas otak. Sementara, ilmuwan juga akan menggunakan teknik lain bernama transcranial alternating-current stimulation (tACS) untuk menstimulasi otak sekelompok lansia dan remaja.

Dalam tahap itu, ilmuwan akan memodulasi interaksi gelombak otak yang terhubung ke cara bagaimana mereka bisa mengingat sesuatu.

Uji coba ini melibatkan 42 sukarelawan berusia 20-29 tahun dan lansia berusia 60-76 tahun. Salah satu tugas yang harus dilakukan adalah uji memory task (mengingat).

Bagaimana Jika Otak Lansia Tidak Distimulasi?

Ilustrasi (iStock)

Tanpa stimulasi otak, lansia sudah pasti berpikir lebih lambat dan kurang akurat ketimbang otak remaja dan dewasa.

Pasalnya, otak manusia berusia produktif memiliki tingkat interaksi dan sinkronisasi gelombang otak yang lebih tinggi.

Saat mendapatkan stimulasi aktif otak, kinerja otak lansia langsung meningkat saat mereka mencoba uji ingatan.

Adapun ilmuwan mengungkap efek stimulasi tersebut bertahan hingga 50 menit.

"Dengan menggunakan stimulasi tersebut, kita bisa menghubungkan ulang dan mensinkronisasi (kinerja) otak mereka," jelas Robert Reinhart, ilmuwan di Universitas Boston.

(Jek/Isk)

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Warga Palestina Tewas dalam Unjuk Rasa di Perbatasan Gaza

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Ramallah - Sedikitnya empat warga Palestina dilaporkan tewas dalam aksi unjuk rasa di perbatasan Gaza, Jumat 3 Mei 2019. Tak hanya warga Palestina, seorang pejabat Israel juga mengatakan bahwa dua orang tentaranya turut kehilangan nyawa.

Dikutip dari laman TRTWorld, Sabtu (4/5/2019) aksi demonstrasi ini menjadi agenda mingguan, tiap hari Jumat warga Palestina akan berunjuk rasa. Bahkan harus mempertaruhkan nyawa.

Menurut keterangan dari Kementerian Kesehatan Palestina, dua warganya tewas setelah tertembak oleh tentara Israel. Sementara dua lainnya belum diketahui penyebabnya.

Pasukan Israel mengatakan, serangan udara yang dilakukan sebagai balasan atas insiden penembakan di perbatasan yang menyebabkan tentaranya terluka.

Kementerian di Gaza menyebut orang-orang yang tewas dalam serangan udara itu adalah Abdullah Abu Mallouh (33) dan Alaa al Babli (29).

Israel mengklaim telah menghancurkan pangkalan milik Hamas setelah tembakan dilancarkan ke pasukannya di sepanjang perbatasan.

Hamas membenarkan bahwa dua pria yang tewas dalam serangan udara adalah anggotanya. Kelompok itu juga berjanji akan segera menanggapi apa yang disebutnya sebagai "agresi Israel."

Palestina telah berpartisipasi dalam demonstrasi di sepanjang perbatasan Gaza selama lebih dari setahun.

Setidaknya 268 warga Palestina telah terbunuh oleh tembakan Israel sejak protes dimulai pada Maret 2018, mayoritas tewas di sepanjang perbatasan Gaza, Palestina.

PM Israel Sukses Dapat Jabatan Kelima, Mimpi Buruk Palestina?

PM Israel Benjamin Netanyahu memberi sambutan saat peresmian Kedubes Guatemala di Yerusalem, Rabu (16/5). Netanyahu menyebut peresmian tersebut adalah tepat karena Guatemala menjadi negara kedua yang mengakui Israel pada 1948. (Ronen Zvulun/Pool via AP)

Sementara itu, pemilihan umum di Israel pada awal April lalu menunjukkan kemenangan blok sayap kanan yang mendukung petahana, Benjamin Netanyahu. Dengan lebih dari 99 persen suara telah dihitung, kubu Netanyahu berhasil mendapatkan 65 dari 120 kursi parlemen.

Rival utama Netanyahu, Benny Gantz mengakui kekalahannya pada Rabu, 10 April 2019. 

"Kami menghormati keputusan rakyat," katanya kepada wartawan, mengutip Al Jazeera.

Sebetulnya, kubu Biru dan Putih pendukung Gantz memenangkan kursi hampir sama besar dengan Partai Likud yang dipimpin sang petahana.

Namun, kubu Gantz seolah buntu untuk berkoalisi dengan partai lain agar menjadi mayoritas parlemen. Mengingat, partai-partai sayap kanan telah bersatu dengan kubu Netanyahu.

Para pendukung petahana bersuka ria pada Rabu pagi. Berbicara kepada kerumunan, Netanyahu memuji usaha mereka atas pencapaian yang tidak dibayangkan.

"Saya sangat tersentuh karena bangsa Israel sekali lagi mempercayakan saya untuk kelima kalinya, bahkan dengan kepercayaan yang lebih besar," kata Netanyahu.

Perlu diketahui, jumlah pemilih pada pemilu kali ini sebanyak 67,9 persen dari warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap. Angka itu menurun dari 71,8 persen pada 2015 lalu. Rendahnya partisipasi itu salah satunya akibat adanya kampanye untuk memboikot pemilihan.

Meski memecahkan rekor menjadi perdana menteri terlama dalam sejarah Israel, Netanyahu masih harus menghadapi kemungkinan didakwa atas tuduhan korupsi.

Mimpi Buruk Palestina

Ekspresi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat menghadiri peresmian Kedubes AS di Yerusalem, Minggu (13/5). Peresmian Kedubes AS di Yerusalem dihadiri sejumlah tamu VVIP dari berbagai negara. (Gali Tibbon/AFP)

Terpilihnya kembali Netanyahu sebagai perdana menteri Israel untuk jabatan kelima, menjadi tantangan tersendiri bagi usaha perdamaian dengan Palestina.

Hanan Ashrawi, anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengatakan kemenangan petahana Israel mengubah seluruh strategi permainan.

"Mereka telah membatalkan perjanjian apapun. Mereka telah menolak solusi dua negara. Mereka benar-benar meniadakan persyaratan perdamaian. Mereka benar-benar melanggar hukum internasional. Sekarang kita membutuhkan strategi baru untuk menangani masalah ini," tutur Hanan.

Tak hanya itu, menjelang pemilu Netanyahu telah mengatakan jika terpilih kembali, ia akan menganeksasi pemukiman di Tepi Barat. Selain itu, sang petahana mengatakan tak akan membiarkan pembentukan negara Palestina terjadi.

Kebijakan "Apartheid" Berlanjut?

Seorang analis isu Palestina yang berbasis di Haifa mengatakan hal yang senada dengan PLO. Diana Buttu, yang juga merupakan penasihat hukum untuk negosiator perdamaian Palestina menyebut kemenangan itu memungkinkan Netanyahu untuk melanjutkan kebijakan "apartheid, kolonisasi, dan rasisme".

Buttu melanjutkan, selama Netanyahu menjadi perdana menteri, otoritas Palestina telah berulang kali berteriak meminta tolong. Mereka menginginkan masyarakat internasional untuk campur tangan terhadap kasus pengeboman Gaza, pembangunan pemukiman ilegal, dan pembongkaran rumah-rumah warga Palestina. Tak hanya itu, Israel juga mengesahkan hukum negara-negara bagian dan pencaplokan wilayah Tepi Barat yang merugikan Palestina.

"(Netanyahu) secara ideologis menentang kebebasan Palestina. Dia akan terus melakukan apapun yang dia inginkan terhadap Palestina," kata Buttu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Aksi Bule Bersihkan Selokan Mampet Karena Sampah, Tuai Pujian

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masalah sampah di Indonesia nampaknya belum menemukan titik terang. Masih banyak orang yang mengabaikan dampak negatif sampah yang dibuang sembarangan. Terlebih, problematika sampah plastik yang tak mudah terurai oleh tanah rawan menyakiti hewan-hewan di darat, udara, maupun lautan.

Namun, hanya segelintir orang yang tergugah hatinya untuk menjaga lingkungan. Meski beberapa orang sudah mulai mencanangkan gerakan kurangi sampah plastik, masih banyak orang yang hanya berdiam diri tanpa terpikir akan perubahan.

Baru-baru ini, ramai diperbincangkan foto seorang wanita bule yang terlihat sedang membersihkan selokan yang mampet karena sampah. Foto tersebut diunggah akun @makassar_iinfo pada Jumat, (3/5/2019).

Unggahan tersebut terdiri atas 5 foto yang memperlihatkan usaha keras wanita bule berjuang seorang diri memunguti sampah yang menyumbat selokan. Hingga pada slide ke-empat, jumlah sampah yang belum terangkat bahkan masih tampak banyak. Sontak, foto tersebut mengundang respons warganet yang geram.

Bagaimana tidak, masyarakat sebagai penduduk asli justru hanya menonton aksi bule itu. Tak heran banyak komentar yang menyayangkan tindakan masyarakat yang hanya berdiam diri membiarkan lingkungannya kotor.

Sosok di Baliknya

Viral aksi bule bersihkan selokan mampet (Sumber: Instagram/darahrouge)

Setelah ditelusuri, sosok bule yang sangat peduli terhadap lingkungan itu bernama Kerensa Johnston Dewantoro. Dirinya adalah penggiat teater yang tergabung dalam kelompok teater Darah Rouge asal Bandung. Dikutip Liputan6.com dari akun @oribagsindo, Sabtu (4/5/2019), Kerensa sudah lama tinggal di Indonesia dan menikah dengan WNI.

"Hehehe dia temenku, bangga! Btw, doi memang sudah lama tinggal di sini dan menikah dengan wni" tulisnya dalam kolom komentar.

Melansir dari situs Darah Rouge, Sabtu (4/5/2019), Kerensa lahir di Australia dan menetap di Indonesia. Dia menekuni tarian adat Indonesia yakni Tari Topeng selama 12 tahun. Kecintaannya pada dunia teater mengantarkannya menjadi aktor dari banyak judul teater. Selain itu, Kerensa juga seringkali berperan sebagai pengisi workshop di banyak kesempatan.

Sosoknya yang kritis lantas bukan jadi hal aneh hingga dia mau berkotor-kotoran membersihkan selokan yang mampet karena sampah. Terlebih, ia kini memilih tinggal di Indonesia. Maka telah jadi tantangan tersendiri bagi Kerensa untuk senantiasa menjaga lingkungan.

Wanita yang lekat dengan dunia seni itu memang selalu punya tekad besar dalam membuat perubahan. Meski dirinya bukan warga asli Indonesia, Kerensa sempat mewakili Indonesia di Women Playwrights Conference di Swédia pada tahun 2012 silam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tommy Kurniawan Berpeluang Lolos ke Senayan

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan Legislatif DPR-RI 2019 di Dapil Jawa Barat 5 berlangsung ketat. Dari 9 kursi yang diperebutkan di Dapil Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini, hanya menyisakan satu kursi saja. Dan satu kursi itu bisa dipastikan akan direbut oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) lewat calon legislatifnya Tommy Kurniawan

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding. Dari hasil perhitungan suara di Kabupaten Bogor, kini hanya menyisakan 2 Kecamatan saja yang belum masuk dalam data perhitungan. Dengan hanya tersisa dua kecamatan, caleg PKB Tommy Kurniawan mendapat perolehan suara paling tinggi dari para calon lainnya yang memperebutkan 1 kursi tersisa.

"Jadi dari 9 kursi yang ada, 8 sudah didapatkan oleh beberapa partai. Dan kini hanya tersisa satu kursi saja. Dari perhitungan yang ada, kami (PKB),  suaranya sudah tidak terkejar lagi dengan partai kompetitor lainnya yang berada di bawah PKB perolehan suaranya, termasuk Golkar untuk kursi keduanya," tandas Abdul Kadir Karding kepada wartawan, Jumat (3/5/2019).

"Hanya sisa 2 kecamatan saja yang datanya belum masuk. Untuk menyalip suara PKB , saingan partai terdekat yaitu Golkar harus mendapatkan lebih dari 60 ribu suara. Itukan sudah tidak mungkin. Artinya, satu kursi tersisa akan didapat PKB dan Tommy Kurniawan. Dan ini untuk pertama kalinya kami pecah telor dapat kursi di Dapil Jabar 5," sambung Kadir Karding.

 

Mengawal

Tommy Kurniawan [foto: instagram/tommykurniawann]

Menanggapi hal tersebut, dihubungi secara terpisah, aktor yang juga pebisnis, Tommy Kurniawan mengaku, hingga saat ini terus mengawal proses perhitungan suaranya. Ia bersama dengan teamnya tak ingin suaranya dirampas pihak lain, untuk mendapatkan kursi DPR RI yang sudah di depan mata. 

"Alhamdulillah, kerja keras yang saya dan teman-teman lakukan sudah sangat baik dan tepat. Hasil perolehan suara saya sangat baik memuaskan. Insya Allah, satu kursi untuk PKB dari saya akan kami dapatkan. Yang terpenting, benar-benar dikawal perhitungannya, jangan sampai hilang atau lari ke pihak lain,apalagi mencoba menggelembung kan suara, saya pastikan semua itu kita kawal dengan ketat." kata Tommy.

 

Sulit Terkejar

Tommy Kurniawan diprediksi lolos ke Senayan

"Iya benar, hanya sisa 2 kecamatan yang belum terhitung. Jadi dengan sisa 2 Kecamatan itu, sepertinya akan sulit mengejar suara yang saya peroleh. Dibutuhkan 50 ribu sampai 60 ribu suara minimal. Jadi sangat tidak mungkin," jelas Tommy lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Bandung Vs Borneo FC: Maung Bandung Siap Terkam Pesut Etam

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung akan menjamu Borneo FC dalam leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia, Sabtu (4/5/2019). Tekad meraih kemenangan pun sudah diusung skuat Persib di laga ini.

"Semua pemain dan pelatih sudah tahu kita tertinggal satu gol. Besok semua pemain akan fight," kata Asisten Pelatih Persib, Budiman seperti dilansir situs resmi klub.

Persib Bandung harus menang mengingat mereka kalah 1-2 dari Borneo FC pada leg pertama. Untuk lolos ke fase selanjutnya, Persib minimal harus menang 1-0 atas Pesut Etam -julukan Borneo.

Budiman menambahkan, para pemain Persib tidak terpengaruh pergantian pelatih dari Miljan Radovic ke Rene Alberts. Ia juga memastikan, fisik para pemain Persib Bandung juga dalam kondisi prima.

"Untuk pertandingan besok (hari ini, red), semua pemain siap. Semua pemain sudah punya keyakinan," ujar Budiman.

 

Siapkan Dua Kiper Cadangan

Pelatih baru Persib Bandung, Robert Alberts, pada sesi konferensi pers di Bandung, Jumat (3/5/2019). (Bola.com/Erwin Snaz)

Lebih lanjut, Budiman mengaku pihak pelatih telah menyiapkan dua kiper cadangan andai Made Wirawan masih cedera. Kiper asal Bali ini didera cedera ringan yang dialaminya.

"Mungkin untuk besok Made yang agak diragukan tapi kita masih punya Deden Natshir dan Aqil (Savik)," kata Budiman mengakhiri.

Saksikan video menarik di bawah ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ramadan Kurang Lengkap di Mesir Tanpa 2 Benda Ini

Posted: 03 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan segera tiba! Di Mesir ada 2 benda yang bakal bikin Ramadan jadi lebih nikmat. Apakah benda-benda itu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rodgers: Sterling Salah Satu Pemain Terbaik Dunia

Posted: 03 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Leicester - Manajer Leicester City, Brendan Rodgers, memberikan pujian kepada winger Manchester City, Raheem Sterling. Menurut dia, pria 24 tahun itu adalah salah satu pemain terbaik dunia.

Rodgers kenal betul siapa Sterling. Keduanya pernah bekerja sama di Liverpool. Rodgers juga yang mengorbitkan Sterling ke tim utama The Reds.

"Apa yang saya sukai tentang Sterling adalah, bagi seorang anak muda, dia tahu apa yang dia inginkan. Ketika saya bertanya kepada pemain muda apa yang ingin mereka capai, Sterling langsug ingin menjadi salah satu pemain terbaik di dunia, pada usia itu," kata Rodgers di Soccerway.

"Sterling membawa permainannya sekarang ke tingkat di mana dia jelas merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Dia adalah seseorang yang selalu akan melakukan pekerjaan, dia tidak hanya mengharapkannya karena bakatnya yang luar biasa."

 

 

Selalu Konsisten

(AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Menurut Rodgers, Sterling selalu tampil konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

"Sterling adalah anak laki-laki yang merawat tubuhnya dan hidupnya untuk memastikan bahwa dia dapat memberikan dirinya setiap kesempatan untuk melakukan itu," Rodgers menambahkan.

Statistik Sterling

Musim ini, Sterling sudah membela City dalam 48 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga menyumbangkan 23 gol dan 17 assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Ramadan, Pembeli Diminta Waspadai Pedagang Nakal

Posted: 03 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri menemukan indikasi kecurangan yang dilakukan para pelaku usaha jelang Ramadan. Modus yang digunakan yakni mengelabui kualitas produk.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra mencontohkan, pada produk beras yang berkualitas rendah dijual dengan harga tinggi.

"Sampai dengan hari ini, persoalan yang dihadapi satgas pangan memang ada indikasi perbuatan curang dari pelaku usaha. Misalnya kualitas A untuk ditingkatkan harganya seolah-olah menjadi kualitas B," ucap Asep di Mabes Polri, Senin (29/4/2019).

Menurut dia, pelakunya dapat dijerat dengan Undang-Undang (UU) Perlindungan Konsumen dengan ancaman pidana maksimal 5 tahun penjara dan denda paling besar Rp 2 miliar.

"Ini terkait dengan perlindungan konsumen," ujar Asep jelang Ramadan.

Asep menjelaskan, Satgas Pangan terus memonitor ketersediaan dan harga bahan pokok supaya terkendali. Pihakya bekerja sama dengan seluruh stakeholder, mulai dari Kementerian terkait, Bulog, Asosiasi para pelaku usaha.

"Beberapa waktu lalu sudah dilakukan rapat kesiapan itu dan yang utama dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan dan keberadaan bahan pokok," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Mancanegara Ramai Beritakan World Surf League Krui Pro 2019 Berlangsung Seru

Posted: 03 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Pesisir Barat Event surfing kelas dunia, World Surf League (WSL) Krui Pro 2019 memang keren. Bukan hanya diikuti peserta mancanegara, event ini juga dicover media dari luar negeri. WSL Krui Pro 2019 yang dimulai Senin, 29 April hingga Sabtu, 4 Mei 2019.

Yang membuat event ini lebih keren, bukan hanya peserta mancanegara yang antusias. Media mancanegara juga. Salah satu media mancanegara yang meng-cover event ini adalah media surfing asal Jepang, namidensetsu.com.

Tidak tanggung-tanggung, namidensetsu.com mengirimkan fotografer seniornya, Naoya Kimoto. Sosok ini dikenal sebagai fotografer spesialis selancar. Ia telah meng-cover banyak event surf dunia. Di Krui, Naoya bertugas sejak sebelum pembukaan.

"Saya memposting foto Krui Pro setiap hari di namidensetsu.com. Tidak hanya lomba, foto-foto pantai di Krui yang indah pun saya posting setiap hari. Saya sudah sampai sebelum pembukaan dan berada di sini hingga event selesai," tutur Naoya, Jumat (3/5).

Sedangkan Ketua Panitia Anggi mengatakan event ini memang diminati banyak media dan juga surfer mancanegara.

"Buktinya live streaming di WSL dilihat hingga jutaan orang. Jadi memang kita mempermudah media untuk mengaksesnya. Jadi event ini mudah tersebar. Dan ini juga bagian dari promosi," tutur Anggi.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Dessy Ruhati, mengaku sangat senang dengan tingginya minat peserta dan media mancanegara dalam event ini. Terlebih, WSL Krui Pro sudah manjadi bagian Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

"Krui Pro terbukti sangat layak menjadi 100 Wonderful Event Nasional. Karena potensi wisatawan mancanegaranya sangat tinggi. Para peserta mancanegara ini juga memiliki length of stay yang panjang. Total, mereka bisa sebulan berada di Krui," katanya.

Peserta dan peliput WSL Krui Pro berasal dari Jepang, Brazil, Australia, Inggris, Amerika, Selandia Baru, Peru, Prancis, Irlandia, Spanyol, Uruguay, dan masih banyak lagi.

Dessy menjelaskan, karakter para surfer ini sangat menguntungkan. Karena mereka bukan tipe atlet yang datang dan pergi dalam waktu singkat. "Mereka harus adaptasi dengan cuaca, ombak, dan lainnya. Makanya value event ini sangat luar biasa," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat senang dengan banyaknya wisman yang datang ke Krui Pro. Menpar bahkan berharap event ini bisa terus dikembangkan.

"Krui Pro salah satu event sport tourism yang sangat potensial untuk dikembangkan. Karena event ini sudah menjadi serie dunia. Karena, didukung dengan venue yang juga berkelas dunia. Karena kita berharap event ini akan semakin baik setiap tahunnya," papar Menpar.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MA Akan Tindak Hakim yang Terkena OTT KPK di Balikpapan

Posted: 03 May 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung (MA) membenarkan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan operasi tangkap tangan dengan mengamankan seorang hakim dan panitera muda pidana di Pengadilan Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat 3 Mei 2019.

"Kami menghubungi Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, ternyata benar seorang hakim dan panitera muda pidana di PN Balikpapan diamankan KPK, selebihnya adalah pengacara dan pihak swasta," ujar juru bicara MA Andi Samsan Nganro, di Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Pada saat ini pihak MA dikatakan Andi masih menunggu hasil pemeriksaan sementara KPK. Andi mengatakan, MA akan mengambil langkah tegas bila hakim dan panitera yang bersangkutan memang terbukti terlibat dalam kasus tersebut. Demikian dilansir dari Antara.

"Bukan hanya hakim atau panitera yang bersangkutan ditindak, tetapi atasannya pun (Ketua PN Balikpapan) bisa kena tindakan jika lalai atau tidak maksimal melakukan pembinaan dalam tanggung jawabnya sebagai ketua," ujar Andi.

Andi mengatakan, berdasarkan informasi dari Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan, pada saat ini Ketua PN Balikpapan sedang mengikuti pelatihan pembangunan zona integritas di Yogyakarta.

"Tentu MA merasa prihatin atas OTT yang menjerat hakim dan panitera ini, karena sebenarnya kami tidak hentinya melakukan pembinaan dan pengawasan, tetapi ya itulah yang terjadi," kata Andi.

 

OTT KPK

Hakim Kayat (kiri) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).Dari operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan, Kaltim, KPK mengamankan seorang hakim, panitera muda, dan dua orang pengacara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya pada Jumat malam 3 Mei 2019, KPK mengamankan lima orang termasuk seorang hakim dan panitera muda pidana Pengadilan Negeri Balikpapan, dan dibawa ke Polda Balikpapan untuk diperiksa.

Selain itu, KPK juga mengamankan sejumlah uang yang diduga merupakan bagian dari permintaan (suap) sebelumnya.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari KPK, operasi tangkap tangan tersebut dilakukan setelah KPK mendapatkan informasi akan terjadi transaksi pemberian uang pada hakim yang mengadili sebuah perkara pidana di PN Balikpapan tersebut. Kasus ini terkait dengan kasus penipuan terkait dokumen tanah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpuruk di Latihan Bebas MotoGP Jerez, Rossi: Kami dalam Masalah

Posted: 03 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi sangat kecewa dengan hasil yang diraihnya di latihan bebas (FP1 dan FP2) MotoGP Jerez, Jumat (3/5/2019). Rossi mengaku kebingungan harus bagaimana karena motor, ban dan aspal baru belum nyetel.

Rossi gagal meraih posisi 10 besar pada FP2 MotoGP Jerez. Dia bisa meraih lap tercepatnya tapi aksinya terhenti setelah keluarnya bendera merah. 

Ini membuat Rossi harus puas berada di posisi 14 pada FP2 MotoGP Jerez. Dia terpaut 0,772 detik dari Danilo Petrucci,pembalap Mission Winnow Ducati yang raih waktu tercepat.

Kekhawatiran Rossi bertambah besar karena perubahan setelan di FP2 MotoGP Jerez tak juga memberinya hasil. Dia kurang pede melahap tikungan karena kurang traksi di ban belakang.

Hari ini, Rossi dan pembalap lainnya akan melakoni FP3 dan kualifikasi MotoGP. Ini fase krusial bagi Rossi di MotoGP Jerez.

Hasil Tidak Bagus

Valentino Rossi menatap MotoGP Qatar dengan positif (Mohd.Rasfan/AFP)

Rossi membawa harapan bisa tampil lebih bagus di MotoGP Jerez ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Dalam dua edisi terakhir, Yamaha selalu kesulitan di sini.

"Kami memodifikasi motor dengan harapan bisa tampil lebih cepat ketimbang tahun lalu. Apalagi modifikasi berhasil di tiga seri awal musim ini," ujar Rossi seperti dikutip crash.

"Juga dengan aspal baru, kami berharap bisa lebih kompetitif tapi hari ini sulit. Kami mencoba beberapa hal baru di sesi latihan sore tapi lagi, saya tidak cepat dan akselerasi saya tidak fantastis. Kami dalam masalah"

Rossi mengatakan masalah di Jerez cukup rumit. Soalnya ini berkaitan dengan belum padunya ban, motor dan sirkuit.

"Motor mirip dengan yang di Austin, ban juga. Tapi disini semuanya jadi lebih sulit. Saya tak punya masalah spesifik, tapi umum saja. Akselerasi kami kurang kuat untuk bersaing dengan pembalap di depan," ujarnya.

 

Coba Winglet

Rossi juga melakoni debut gunakan winglet di bagian swingarm motor. Ini bertujuan untuk mendinginkan ban belakang motor.

"Kami mencoba itu agar bisa lebih dingin di ban. Ini hanya sedikit bantuan tapi saya akan coba. Pakai alat ini atau tidak pengaruhnya tidak besar," ujar Rossi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tanda-Tanda Pria yang Tepat Untukmu

Posted: 03 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jika seorang pria benar-benar mencintai Anda, Anda akan tahu dan merasakannya. Jika tidak, Anda tentu merasa ragu dan mempertanyakan hal tersebut.

Artikel tentang tanda-tanda dia pria yang tepat untukmu menjadi artikel terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Diikuti dengan artikel kedua terpopuler yaitu cuitan netizen sambut Ramadan.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang perubahan drastis berkat memanfaatkan makeup.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 9 Tanda Ini Menunjukkan Dia Pria yang Tepat Untukmu

Buat suami jatuh cinta berulang-ulang kali karena kualitas diri Anda yang begitu istimewa. Gimana caranya?

Jika seorang pria benar-benar mencintai Anda, Anda akan tahu dan merasakannya. Jika tidak, Anda tentu merasa ragu dan mempertanyakan hal tersebut.

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah dia benar-benar tepat untuk Anda. Berikut 9 tanda tersebut.

Selengkapnya...

2. Deretan Twit Nyeleneh Sambut Ramadan, Bikin Enggak Sabar Puasa

Sumber: twitter.com/andihiyat

Tak terasa, dalam hitungan hari kita akan menyambut bulan suci Ramadan. Tentu banyak dari kalian yang sudah tak sabar untuk menjalankan puasa, bukan?

Nyatanya momen menyambut bulan Ramadan juga dilakukan warganet Tanah Air. Banyak dari mereka yang membuat twit nyeleneh tentang bulan Ramadan yang akan tiba dalam hitungan hari.

Dikutip dari berbagai akun Twitter, berikut twit warganet menyambut Ramadan sebentar lagi, bikin enggak sabar puasa. 

Selengkapnya...

3. Berubah Drastis, 10 Foto Transformasi Wajah Tunjukkan Kekuatan Makeup

foto: IG /@danhdoanmua

Banyak wanita yang memanfaatkan makeup untuk menutupi kekurangan pada wajahnya sehingga tampilan terlihat lebih segar dan menarik. Itu yang membuat makeup memberikan perubahan drastis pada penampilan seseorang.

Oleh karena itu, banyak wanita yang berusaha mempelajari makeup semaksimal mungkin. Perubahan drastis berkat makeup juga bisa kalian lihat pada deretan foto ini.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Meredakan Langit-Langit Mulut Terbakar Saat Konsumsi Makanan Pedas dan Panas

Posted: 03 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mungkin kamu pernah mengonsumsi makanan pedas dan panas, dan setelahnya merasakan seolah-olah langit langit mulut atau bahkan lidah terbakar. Kadang sangat sulit untuk menghilangkan rasa terbakar tersebut sehingga membuat kamu terganggu dalam menjalankan aktivitas.

Hal ini biasanya disebabkan karena kamu terburu-buru dalam mengonsumsi makan panas atau pedas. Banyak orang yang tidak sabar untuk menunggu makanan menjadi sedikit dingin terlebih dahulu. Akibatnya bagian langit-langit mulut atau lidah merasakan sensasi terbakar dan biasanya agak lama hilang.

Makanan seperti bakso, soto, atau makanan berkuah lainnya biasanya menyebabkan sensasi terbakar pada langit-langit mulut atau lidah karena kuahnya yang panas. Selain itu, langit-langit mulut memiliki jaringan penyusun bagian mulut yang tipis dan halus, sehingga rentan terkena masalah satu ini. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk meredakan langit-langit mulut yang serasa terbakar ketika makan panas dan pedas.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/5/2019) beberapa cara meredakan langit langit mulut terbakar setelah mengonsumsi makanan pedas dan panas.

Minum Air Dingin dan Kumur Air Garam

Minum Air Dingin (Sumber Foto: today.com)

1. Minum Air Dingin

Semua orang biasanya akan langsung pergi mengambil air dingin untuk meredakan langit langit mulut terbakar ini. Hal ini memang bisa membantu meredakan sensasi terbakar setelah makan makanan panas atau pedas tersebut.

Selain itu minum air dingin juga dapat mencegah kerusakan pada lapisan mulut bagian dalam. Namun kamu tidak boleh langsung mengisap es batu yang masih keras. Sebaiknya kamu memasukkan es batu ke air lalu meminum air dingin tersebut.

Dengan meminum air putih yang banyak, kamu bisa meredakan dan menyembuhkan langit-langit mulut yang terbakar karena makanan panas dan pedas, serta sekaligus menjaga asupan air untuk tubuh agar tidak dehidrasi.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Cara kedua untuk meredakan langit langit yang terbakar karena makanan panas dan pedas yaitu berkumur kumur dengan air garam. Tentunya kamu sering mendengar bahwa air garam memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulut.

Dengan berkumur kumur dengan air garam, kamu bisa mempercepat penyembuhan luka yang ada di mulut serta mencegah adanya infeksi. Kamu bisa membuat air garam dengan mencampurkan segelas air dan seperempat sendok teh garam. Lalu kamu bisa berkumur-kumur seperti biasa dan membuang air yang telah digunakan. Lakukanlah sampai langit-langit mulut yang serasa terbakar bisa mereda.

Madu dan Makanan Manis

Ilustrasi madu (dok. Pixabay.com/Steve Buissinne/Putu Elmira)

3. Mengonsumsi Madu

Mengonsumsi madu juga dapat meredakan sensasi terbakar pada langit langit mulut karena makan panas dan pedas.madu yang memiliki sifat antimikroba dapat memperlambat pertumbuhan mikroorganisme, mencegah infeksi serta mempercepat penyembuhan luka di mulutmu. Cukup dengan mengoleskan madu ke bagian langit langit yang terbakar, sudah bisa memberikan rasa lembap dan membantu meredakan rasa terbakar pada langit-langit mulut tersebut.

4.  Makan Makanan Manis

Tentunya makan makanan manis juga merupakan solusi untuk meredakan langit langit terbakar karena makan panas dan pedas. Kamu bisa mengonsumsi makanan manis sperti, cokelat, es krim, susu, yogurt dan lain lain. Makanan manis ini tentunya bisa mengalihkan rasa terbakar pada langit langit mulut kamu menjadi rasa manis setidaknya untuk sementara waktu. Walaupun khasiatnya tidak sebanyak madu, namun bila tidak ada madu saat kamu sedang mengalami hal ini, kamu bisa mengonsumsi makanan manis terlebih dahulu.

Makanan Lembut dan Periksa ke Dokter

Periksa ke Dokter Foto: chatelaine

5. Makan Makanan yang Bertekstur Lembut

Selain itu, kamu dianjurkan untuk makan makanan yang bertekstur lembut ketika mengalami langit-langit mulut terbakar ini. Bagaimana tidak, bila kamu memakan makanan yang panas, pedas, serta tajam lagi, maka sensasi terbakar tersebut tentunya tidak akan hilang. Selain itu, waktu pemulihan sensasi terbakar dapat berjalan lebih lama. Makanan yang tidak bertekstur lembut dapat memperburuk keadaan mulut kamu.

6. Periksa ke Dokter

Cara yang terakhir tentunya adalah dengan memerikasakan ke dokter. Bila langit-langit mulut terbakar karena makan panas dan pedas tidak bisa lagi diredakan dengan cara rumahan, maka sebaiknya kamu mengunjungi dokter untuk memerikasakannya. Hal ini disebabkan karena rasa terbakar di langit-langit mulut ini bisa menyebabkan masalah yang serius terjadi di mulut kamu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kim Jae Hwan Bakal Gelar Fan Meeting di Indonesia

Posted: 03 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada satu kabar bahagia untuk para penggemar Wanna One, terutama Kim Jae Hwan. Pria yang mengisi posisi vokalis utama di grup yang telah bubar ini, akan menggelar fan meeting di Indonesia.

Informasi ini diunggah di akun media sosial promotor acara ini, Unusual Entertainment, dan dibagikan kembali di Twitter resmi Kim Jae Hwan.

"Hello WIN:D, are you ready to be MIN: D blown by the brand-new Kim Jae Hwan? Stay tune for more details!" begitu isi pengumuman yang dibagikan, Jumat (3/5/2019).

Sebagai informasi, Wind:D adalah nama julukan bagi penggemar Kim Jae Hwan, sementara Mind:D merupakan tajuk fan meeting pelantun "Energetic" ini.

Empat Lokasi

Kim Jae Hwan (Twitter/ UNUSUAL_ENT)

Dalam poster resmi tersebut, disebutkan empat lokasi yang akan dikunjungi Kim Jae Hwan. Selain Indonesia, ia akan tampil di Singapura, Malaysia, dan Hong Kong. 

Hanya saja, belum diinformasikan waktu penyelenggaraan acara dan harga tiket fan meeting ini.

Sebelum ini, telah diumumkan bahwa Kim Jae Hwan juga akan menggelar fan meeting di Jepang pada 7-8 Juni, serta Thailand pada 22 Juni 2019. 

Persiapan Debut

Kim Jae Hwan (Twitter/ KJH_officialtwt)

Sementara itu, setelah lulus dari Wanna One, Kim Jae Hwan kini tengah menyiapkan debut solonya.

Beberapa waktu lalu, agensi Kim Jae Hwan menyebut sang artis sudah mulai mempersiapkan materi musiknya. Namun, tanggal debut Kim Jae Hwan belum diumumkan secara resmi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harkulnas, Go-Food Beri Diskon Besar hingga Gratis Ongkir, Begini Ketentuannya

Posted: 03 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia bagi pengguna jasa Go-Food karena Gojekmengadakan Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) yang akan diadakan pada 5 Mei 2019. Setelah sebelumnya Go-Food memiliki promo Bulan Kuliner Nasional (Lankulnas) pada 15-21 April 2019 dan Minggu Kuliner Nasional (Mingkulnas) 22 April-4 Mei 2019.

"Harkulnas Go-Food hadir dilatar belakangi oleh apresiasi kami terhadap kerja keras para mitra merchant dan driver selama ini serta kesetiaan pelanggan dalam memilih Go-Food sebagai p[ilihan utama layanan pesan-antar makanan," ujar VP Corporate Affairs Food & Pay Gojek, Rosel Lavina, Jumat, 3 Mei 2019.

Untuk merayakan Harkulnas, Go-Food memberikan promo bagi pecinta kuliner sekaligus pengguna aplikasi Gojek untuk mendapatkan diskon besar-besaran. Masyarakat yang memesan makanan via Gojek akan mendapatkan diskon hingga 55 persen untuk aneka makanan di Go-Food.

Anda juga bisa menemukan makanan dengan harga miring mulai dari Rp5.500. Selain itu, pemesan akan mendapatkan promo gratis ongkos kirim dengan minimum pembelian Rp 20 ribu. Jarak maksimal pengantaran dengan Go-Pay yaitu 5 km dan maksimal 2 km untuk pembayaran dengan uang tunai.

"Pastikan kamu mengajak keluarga dan teman-teman untuk sekarang juga buka aplikasi Gojek dan pilih banner Harkulnas Go-Food untuk bisa menikmati diskon berlimpah dari puluhan ribu merchant favotit kamu," ujar VP Marketing Go-Food, Aristo Kristandyo, Jumat, 3 Mei 2019.

Masyarakat yang menggunakan promo Harkulnas ini sebanyak-banyaknya memiliki kesempatan untuk mendapatkan emas batangan seberat 5 gram untuk 55 orang pemenang. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trump Sebut Putin Tak Ingin Terlibat di Venezuela?

Posted: 03 May 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Ketegangan antara Amerika Serikat dan Rusia meningkat dalam beberapa hari ini, berkaitan dengan situasi Venezuela yang semakin tidak stabil. Sebelumnya, pemerintahan Trump menuduh Rusia menghambat Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyerahkan kekuasaan.

Namun baru-baru ini Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan klaim yang kontras. Presiden nyentrik itu mengatakan, ia telah melakukan percakapan melalui telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas kasus tersebut dan beberapa isu lain. Hubungan telepon itu berlangsung lebih dari satu jam.

Hasil dari percakapan telepon tersebut menurut Trump "sangat positif" melansir VOA Indonesia, Sabtu (4/5/2019).

Hal itu disampaikan Trump kepada Perdana Menteri Republik Slovakia Peter Pellegrini. Tidak diketahui secara detil perkembangan positif yang dimaksud. Meski demikian, VOA Indonesia menggambarkannya sebagai Putin yang "tak ingin terlibat di Venezuela".

Hingga saat ini masih belum terdapat tanggapan pihak Rusia terhadap klaim Donald Trump tersebut.

Untuk diketahui, pada Jumat 3 Mei 2019 berlangsung diskusi tingkat tinggi mengenai isu-isu sensitif dan operasi militer. Rapat tersebut diikuti oleh tim keamanan nasional presiden, termasuk Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan, Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan John Rood dan komandan Komando Selatan Amerika, Laksamana Craig Faller.

Pejabat-pejabat pertahanan mengatakan mereka membahas opsi-opsi terhadap Venezuela.

Saat ini, Amerika Serikat memang sudah tidak mengakui Maduro sebagai pemimpin sah Venezuela. Negeri Paman Sam itu memberikan dukungan kepada Juan Guaido, ketua majelis nasional Venezuela, sebagai presiden interim.

AS Siap Kirim Militer ke Venezuela

Puluhan ribu demonstran antipemerintah menuntut pengunduran diri Presiden Venezuela Nicolas Maduro di Caracas, Venezuela, Sabtu (2/2). Tokoh oposisi Juan Guaido mendeklarasikan dirinya sebagai 'presiden interim'. (AP Photo/Juan Carlos Hernandez)

Menlu AS Mike Pompeo mengatakan pada Rabu 1 Mei 2019, negaranya siap campur tangan secara militer untuk membendung kerusuhan yang sedang berlangsung di Venezuela.

"Tindakan militer itu mungkin," kata diplomat tinggi AS itu kepada Fox Business Network. "Jika itu yang diperlukan, itulah yang akan dilakukan Amerika Serikat," tandas Pompeo.

Meski demikian, ia juga menegaskan bahwa AS akan lebih memilih transisi kekuasaan secara damai di Venezuela dari Presiden sosialis Nicolas Maduro ke presiden sementara yang mendeklarasikan diri, Juan Guaido. Ketua Majelis Nasional yang diakui oleh Amerika Serikat dan sekitar 50 negara lainnya sebagai pemimpin sah negara itu.

Penasehat keamanan nasional AS, John Bolton mengatakan kepada CNN dan Fox News bahwa Pompeo akan berbicara hari Rabu dengan Menteri LN Rusia, Sergei Lavrov mengenai kelanjutan dukungan Moskow kepada Maduro.

Ketika diwawancarai. Pompeo mengatakan bahwa dalam menghadapi protes jalanan terhadap rezimnya, Maduro siap meninggalkan Venezuela menuju Kuba hari Selasa, tetapi Rusia meyakinkannya untuk tetap berperang melawan seruan Guaido agar militer Venezuela bergabung dengannya dalam upaya menggulingkan Maduro.

Maduro dan Kementerian Luar Negeri Rusia membantah tuduhan keberangkatan Maduro, dan Rusia mengatakan klaim AS adalah bagian dari "perang informasi" yang dirancang untuk menurunkan moral tentara Venezuela dan membangkitkan kudeta.

Rusia Siap Memediasi Konflik

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Sementara itu, pada April lalu Rusia mengatakan mendukung upaya penyelesaian konflik dengan damai.

"Rusia siap bergabung dengan segala upaya mediasi berdasarkan pendekatan yang konstruktif," kata Ludmila Vorobieva, Duta Besar Rusia untuk Indonesia dalam acara press briefing pada Rabu, 10 April 2019.

Ia menambahkan, mediasi yang dimaksud akan mempertimbangkan kepentingan dan posisi para pihak yang berkonflik.

"Kami, sekali lagi, menyeru kepada semua pihak yang bertanggung jawab, yang berkuasa, dan yang memiliki kekuatan politik di Venezuela, untuk duduk di meja negosiasi demi masa depan negara itu yang damai," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Verobieva menegaskan, Maduro juga memiliki niatan yang sama untuk bernegosiasi dengan "sungguh-sungguh".

Mediasi Harus Tanpa Syarat

Tapi, meski mendukung adanya mediasi, Rusia melihat persyaratan yang biasa diberikan oleh oposisi memberatkan.

Verobieva mencontohkan, Grup Kontak Internasional tentang Venezuela (ICG) yang bertemu pada 28 Maret lalu di Quito, Ekuador.

Menurutnya, mereka memang menentang penggunaan militer dan kekerasan dalam penyelesaian konflik; namun menginginkan pemilihan presiden ulang yang bebas dan transparan.

Menurut Rusia, persyaratan semacam itu - yang hanya diinginkan oleh satu pihak, akan mempersulit pencapaian damai.

"Kami percaya hanya dialog yang inklusif dan tanpa syarat yang akan menjadi instrumen pencapaian solusi untuk krisis saat ini," lanjut sang dubes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valverde Dukung Xavi Jadi Pelatih Masa Depan Barcelona

Posted: 03 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde percaya bahwa Xavi memiliki kemampuan untuk menangani skuat Blaugrana di masa yang akan datang.

Xavi yang merupakan legenda Barcelona baru saja mengumumkan rencananya untuk gantung sepatu alias pensiun sebagai pemain pada akhir musim nanti.

Gelandang flamboyan yang kini memperkuat klub Qatar, Al Sadd itu juga mengungkapkan ambisinya untuk menjadi pelatih usai pensiun nanti.

Berbicara dalam sesi konferensi pers jelang laga melawan Celta Vigo akhir pekan ini, Valverde pun mengutarakan keyakinan dirinya bahwa Xavi akan menjadi entrenador Barcelona di masa depan.

"Saya tak tahu apakah dia adalah pemain terbaik, tapi dia salah satu yang terbaik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola," ujar Valverde, seperti dikutip Marca.

"Saya rasa semua orang berharap Xavi akan menjadi pelatih dan dia memiliki profil untuk menjadi pelatih di Barcelona atau di tim mana pun," imbuhnya.

Filosofi Johan Cruyff

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mendung Xavi Hernandez meniti karier sebagai pelatih. (AFP/Marco Bertorello)

Xavi tampaknya memang bakal sangat cocok untuk melatih Barca. Pasalnya, sosok 39 tahun itu menyebut dirinya akan menggunakan filosofi Johan Cruyff dan La Masia ketika nantinya menjadi pelatih.

"Filosofi saya sebagai pelatih mencerminkan gaya yang kami kembangkan selama bertahun- tahun di bawah pengaruh Johan Cruyff dan dari La Masia dan contoh utamanya adalah dalam cara main Barcelona," tutur Xavi.

Ambil Inisiatif

"Saya suka melihat tim yang mengambil inisiatif di lapangan, sepakbola menyerang, dan kembali ke tempat yang kita semua cintai sejak masih muda: sepakbola penguasaan bola," tukasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelab Malam, Diskotek, hingga Mandi Uap di Jakarta Tutup Selama Ramadan

Posted: 03 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang datangnya ramadan, Pemprov DKI Jakarta membatasi waktu operasional tempat-tempat hiburan. Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 18 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan usaha pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, jenis usaha yang wajib tutup selama ramadan meliputi hiburan malam yakni kelab malam, diskotek, mandi uap, mandi pijat, arena permainan ketangkasan, dan bar (rumah minum).

"Sedangkan usaha hiburan malam yang jam operasionalnya disesuaikan, wajib tutup 1 hari sebelum ramadan, 1 hari sebelum Idul Fitri, dan hari pertama dan hari kedua Idul Fitri," kata Edy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

Dia menyebutkan, jenis usaha hiburan malam yang jam operasionalnya disesuaikan selama ramadan yakni, usaha karaoke eksekutif dan pub. Selama ramadan tempat usaha itu dimulai pukul 20.30-01.30 WIB.

"Dan untuk karaoke keluarga dapat menyelenggarakan kegiatan usaha mulai pukul 14.00-02.00 WIB," ucap dia.

Edy mengatakan, usaha rumah billiar atau bola sodok yang berlokasi dalam satu ruangan dengan usaha karaoke dan pub dapat beroperasi 20.30-01.30 WIB selama ramadan.

"Dan yang berlokasi tidak dalam satu ruangan dengan usaha mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB," tutur Edy.

Pendapatan Daerah Selama Ramadan

Edy menyatakan, jumlah kunjungan dan pendapatan asli daerah meningkat meski memasuki ramadan. Meskipun awal tahun 2019 seringkali mengalami turun naik pengunjung.

"Bulan Maret 2019 jumlah pengunjung nusantara sebanyak 2.480.350, bulan April naik menjadi 2.737.636 kunjungan. Total Januari – April 2019, 8.451.071," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kenakan Masker, Hakim PN Balikpapan yang Terjaring OTT Tiba di KPK

Posted: 03 May 2019 09:19 PM PDT

Hakim Kayat (belakang batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (belakang batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (kiri) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).Dari operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan, Kaltim, KPK mengamankan seorang hakim, panitera muda, dan dua orang pengacara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (kiri) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan tiba di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019).Dari operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan, Kaltim, KPK mengamankan seorang hakim, panitera muda, dan dua orang pengacara. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (belakang batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (belakang batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (belakang batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (belakang batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hakim Kayat (batik abu-abu) dan orang yang berperkara kasus suap bebaskan terdakwa PN Balikpapan Papan tiba di KPK, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). KPK mengamankan duit sekitar Rp 100 juta yang diduga terkait suap dalam penanganan kasus penipuan di persidangan. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Tol Sepanjang 1.468 KM Siap Dilalui Saat Mudik Lebaran 2019

Posted: 03 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR berupaya seoptimal mungkin, agar mudik Lebaran 2019 lebih baik dari tahun–tahun sebelumnya dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan. 

Pada arus mudik 2019, pemudik mayoritas masih menggunakan moda jalan sebagai pilihan.  Pada 2019, setidaknya ada 1.468 km jalan tol yang siap dilalui pemudik jelang Lebaran nanti.

Panjang jalan tol tersebut terbagi dari Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 965 km dan Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 503 km. Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 965 km siap digunakan ditambah ruas tol fungsional yaitu Tol Pandaan – Malang seksi 1 – 3 (31 Km) yang menjadi sirip Jalan Tol Trans Jawa. 

Untuk kelancaran dan kenyamanan arus mudik, seluruh pekerjaan perbaikan dan pembangunan jalan baik tol maupun non tol akan dihentikan pada H-10 Lebaran hingga H+10 Lebaran.

Termasuk pada proyek pembangunan Jalan Tol Layang Cikampek II juga akan dihentikan dan jumlah lajurnya akan difungsikan seperti semula yakni 4 lajur untuk masing-masing arah. 

"Pada lokasi pekerjaan Jalan Tol Layang Cikampek II akan dikembalikan 4 lajur dan dibersihkan. Untuk antisipasi kemacetan, kami juga tengah mengkaji dampak dari pemindahan Gerbang Tol Cikarang Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama yang bertujuan memecah arus kendaraan yang ke menuju Tol Cikampek-Palimanan dan yang ke Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi," kata Basuki Hadimuldjono, Sabtu (4/5/2019).

Tempat Istirahat (TI) dan Pelayanan (TIP) di Jalan Tol Trans Jawa sebanyak 71 unit rest area (55 rest area operasi dan 16 rest area konstruksi) yang ada di setiap jarak 20 Km.

 

Jalan Tol Trans Sumatera

Proyek Tol Trans Sumatera Medan-Binjai (Foto: Dok BPJT Kementerian PUPR)

Untuk Jalan Tol Trans Sumatera yang siap digunakan untuk Mudik Lebaran 2019 sepanjang 503 km terdiri dari Tol Operasional sepanjang 278 km yakni TolBakaheuni-Terbanggi Besar (140,9 Km), Palembang-Indralaya (21,93 Km), Medan-Binjai Seksi 2 & 3 (10,46 Km), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,11 Km) dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,7 Km). 

Kementerian PUPR berencana akan membuka tol Fungsional sepanjang 225 km, yaitu: Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang 189 km, Kayuagung-Palembang-Betung 33 km, dan Medan – Binjai Seksi 1 2,8 km. 

Pada Jalan Tol Trans Sumatera terdapat 1 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar KM 20+700.

Untuk melihat kesiapan ruas tol yang fungsional, Kementerian PUPR melakukan pemantauan kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung sepanjang 185 Km. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, menjelang arus mudik lebaran 2019, terus dilakukan pemantauan secara rutin jalan tol ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung hingga H-10 perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. 

"Kita terus lihat perkembangannya, guna memastikan kesiapan jalan tol ini dapat di lalui secara fungsional," kata Danang.

Danang Parikesit menghimbau pemudik untuk memperhatikan kecepatan kendaraan pada jalan tol fungsional.

Pada ruas tol fungsional pemudik juga harus menyiapkan bahan bakar dan kondisi mesin dalam keadaan baik. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bomber Arsenal Pede Raih Sepatu Emas

Posted: 03 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, mengaku yakin dirinya bisa meraih Sepatu Emas Liga Inggris musim ini. Ia optimistis bisa memenangi persaingan di daftar pencetak gol terbanyak.

Aubameyang sudah mencetak 19 gol untuk Arsenal di Liga Inggris musim ini. Pemain asal Gabon itu tertinggal dua gol dari Mohamed Salah (Liverpool) yang memimpin daftar top skorer.

Arsenal masih memiliki dua laga sisa melawan Brighton dan Burnley. Pemain 29 tahun itu pun percaya diri bisa menambah pundi-pundi golnya dan menyalip Salah.

"Ketika Anda seorang striker, Sepatu Emas sangat berarti. Ketika Anda memenangkannya, selalu menyenangkan. Jika Anda ingin menjadi yang terbaik, Anda harus memenangkan Sepatu Emas," kata Aubameyang di Soccerway.

 

 

Persaingan Sengit

(AFP/Adrian Dennis)

"Ini pertempuran yang sulit. Kami memiliki striker hebat di Liga Premier. Mereka sangat konsisten sepanjang musim. Mereka terus mencetak gol. Striker terbaik menunggu untuk terus mencetak gol sepanjang musim. Itulah yang membuat mereka begitu istimewa."

"Tapi aku adalah orang yang percaya diri dan aku tahu bisa melakukannya. Tidak masalah jika gagal, tetapi masih ada dua pertandingan untuk dimainkan di Liga Premier, jadi aku memiliki peluang dan mengapa tidak?" Aubameyang menambahkan.

Statistik Aubameyang

Aubameyang sendiri sebelumnya pernah meraih Sepatu Emas di kompetisi Bundesliga. Ia melakukannya bersama Borussia Dortmund pada musim 2016/17 dengan koleksi 31 gol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

President University Siapkan SDM dan Entrepreneur Unggul Hadapi Revolusi Industri 4.0

Posted: 03 May 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 ini, President University sebuah universitas berstandar internasional yang bertempat di Jababeka Education Park, Cikarang, Jawa Barat genap berusia 17 tahun. Di usianya yang semakin dewasa, President University terus berkontribusi dan berinovasi bagi kemajuan dunia pendidikan maupun segi-segi kehidupan lainnya.

Salah satu pencapaian membanggakan President University di usia ke-17 ini, menurut Rektor President University, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto adalah keberhasilan meraih predikat universitas terakreditas "A".

"Sebagai universitas yang berusia 17 tahun mendapatkan predikat akreditasi "A" dari BAN-PT dan Kemenristekdikti merupakan pencapaian yang luar biasa bagus. Saat ini, kita termasuk dari sekitar 80an universitas negeri maupun swasta di Indonesia yang mendapatkan akreditasi A," kata Jony Oktavian Haryanto ditemui seusai acara Dies Natalis ke-17 President University yang bertempat di President Lounge, Menara Batavia, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Dalam acara Dies Natalis ke-17 President University tersebut, Rektor Jony Oktavian memaparkan beberapa capaian President University selama tahun 2018 serta fokus pendidikan universitas di masa depan.

 

 

Presentasi Rektor President University, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto.

Memasuki usia ke-17 sekaligus menghadapi era revolusi industri 4.0, Prof. Dr. Jony Oktavian Haryanto menuturkan bahwa President University akan melakukan peningkatan kualitas yang berkelanjutan melalui berbagai program dan penambahan fasilitas. Dari segi tenaga pengajar, President University akan merekrut pengajar atau dosen dengan kualifikasi doktor atau master yang memiliki pengalaman praktisi.

"Kami merekrut dosen dengan kualifikasi doktor. Kalau tidak ada, kami akan merekrut master namun master yang punya pengalaman praktisi. Jika tidak ada juga karena jurusannya sulit dan terbatas, maka master-master yang baru lulus akan kita kirim magang. Jadi, tak hanya mahasiswa saja yang magang, dosen juga akan kami kirim untuk magang supaya mereka punya pengalaman praktisi," kata Jony Oktavian.

Kemudahan untuk magang bagi dosen dan mahasiswa President University, dikatakan oleh Jony Oktavian tidak lepas dari lokasi President University yang berada di kawasan industri sehingga hubungan dengan industri terjalin dengan baik.

Kemudian dari segi kurikulum pendidikan, Jony Oktavian mengungkapkan bahwa President University akan mendidik mahasiswa-mahasiswa untuk menjadi entrepreneur unggulan.

"Selain menyiapkan tenaga-tenaga siap kerja, kami juga mendidik mahasiswa-mahasiswa untuk menjadi entreprenuer-entreprenuer. Jadi, kurikulum kami diarahkan untuk mahasiswa menjadi entreprenuer. Setiap mahasiswa semua program studi harus mengambil mata kuliah enterpreneurship selama 1 tahun, dimana ujungnya mereka benar-benar bisnis. Dari awal mereka terdorong untuk menjadi enterpreneur," kata Jony Oktavian.

Rektor Jony Oktavian menegaskan bahwa pihaknya optimis President University dapat melahirkan mahasiswa-mahasiswi yang tidak hanya ahli teori melainkan juga praktek dan menjadi seorang entreprenuer sukses.

"93,7 persen mahasiswa/i kami mendapatkan pekerjaan sebelum di wisuda. Ini sangat tinggi kenapa? Karena kami berbahasa Inggris, terbiasa dengan industri, punya magang 1 tahun sehingga mereka terbiasa bekerja. Inilah yang membuat statistik kami cukup tinggi," tutur Jony Oktavian.

Selain mendidik mahasiswa menjadi entreprenuer, Jony Oktavian mengatakan bahwa President University juga akan meningkatkan jumlah mahasiswa internasional dari 10% menjadi 15%.

"Saat ini persentase mahasiswa internasional kita adalah 10% dari jumlah keseluruhan mahasiswa President University. Ke depan akan ditingkatkan menjadi 15%," kata Jony.

Turut hadir dalam acara Dies Natalis antara lain, Pendiri President University sekaligus PT. Jababeka, Tbk, S.D. Darmono D.Univ; Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Presiden, Prof. Dr. Ir Budi Susilo Soepandji, D.E.A; Akademisi President University; Alumni dan Mahasiswa President University serta tamu undangan lainnya.

 

Acara pemotongan tumpeng yang sekaligus merayakan ulang tahun pendiri President University sekaligus PT. Jababeka, Tbk, S.D. Darmono.

Pada acara ini digelar juga "Alumni Sharing Session President University" dengan pembicara Gervasius Patar Harywibowo Samosir, alumni Fakultas Bisnis Angkatan 2004 President University. Kemudian dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng yang sekaligus merayakan ulang tahun pendiri President University sekaligus PT. Jababeka, Tbk, S.D. Darmono. Acara Dies Natalis ke-17 President University ditutup dengan penampilan President University Orchestra & Choir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambil Menangis, Dewi Sandra Ceritakan Alasan Terbesarnya Berhijrah

Posted: 03 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris sekaligus penyanyi Tanah Air, Dewi Sandra, menceritakan alasan terbesarnya berhijrah dan istikamah di jalan Allah. Cerita ini ia bagikan pada kegiatan Kajian Rutin Majlis Taklim Fatihah Husna dan kemudian diunggah di akun YouTube Cinta Quran TV pada 15 Januari 2019.

Video berdurasi 12 menit ini berisi alasan terbesar Dewi Sandra memutuskan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di awal video, terlihat Dewi sempat meneteskan air mata dan meminta maaf kepada peserta kajian atas keterlambatannya.

Pemain sinetron Catatan Hati Seorang Istri ini diketahui memutuskan untuk memakai hijab sejak 2012 silam. Dewi Sandra mengaku bahwa kehidupannya sebelum berhijrah berada pada zona nyaman dengan segala rezeki, pekerjaan, dan popularitas yang ia dapatkan.

Namun, hal itu justru menimbulkan pertanyaan bagi Dewi apakah semua yang ia dapatkan adalah berkah.

"Ini kan menjadi bumerang buat saya dan saya juga berpikir ini emang kita setiap hari kerjaannya cuma itu aja ya? Cuma cari duit,cari popularitas, cari kebahagiaan duniawi, tapi akhiratnya mau bawa apa?" tuturnya dalam video yang diunggah dalam akun Youtube Cinta Quran TV, Selasa (15/1/2019)

 

Titik balik

Olla Ramlan dan Dewi Sandra bersahabat (Instagram/ollaramlanaufar)

Dewi mengungkapkan, alasan awal ia memutuskan untuk hijrah adalah kala kedua orangtuanya meninggal dunia. 

Dewi percaya bahwa kematian dapat mengubah seseorang. Oleh karena itu, manusia harus mencintai kematian.

Secara jujur ia mengakui bahwa dirinya sempat takut akan kematian dan selalu berdoa untuk dipanjangkan umurnya.

Bahkan sebelum berhijrah, ia selalu melakukan ibadah dengan setengah hati. Saat menginjak usia 20 tahun, dia masih mencari alasan untuk tidak berpuasa.

Lambat laun ia berpikir bahwa semua hal yang dilakukan setengah hati akan berantakan dan hancur pada akhirnya. Malahan, Dewi Sandra mengungkapkan bahwa perjalanan hijrahnya sangat berisiko. Bisa jadi ia kehilangan popularitasnya.

"Risiko itu benar ada, tapi ada risiko yang lebih besar. Risiko yang terbesar adalah masuk neraka dan itu siapa yang mau tanggung?" ujarnya.

 

Tantangan Sebelum Berhijab

Perjalanan hijrahnya pun tidak mudah. Sebelum memutuskan untuk berhijab, Dewi sering bertanya-tanya apakah panas atau tidak menggunakan hijab. Namun, ia sering mendapatkan jawaban bahwa lebih panas api neraka.

"Kacamata agama itu benar-benar membantah kenikmatan dunia karena kenikmatan akhirat enggak bisa dibayangkan," ia mengakhiri.

 

Penulis: Firda Khairunnisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Video Dugem Perayaan Kelulusan Pelajar SMA Tana Toraja

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Tana Toraja - Tiga video yang berisi aksi pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang bergoyang bak sedang dugem diiringi lantunan Electric Dance Music (EDM) ala diskotik saat perayaan kelulusan mendadak viral.

Tidak diketahui siapa yang pertama kali mengunggah video-video berdurasi pendek itu. Namun berdasarkan pantauan Liputan6.com, telah banyak pengguna media sosial mengunggah ulang video tersebut, baik di Facebook, Instagram maupun Twitter.

Selain siswa dan siswi SMA yang berjoget tak senonoh, sesekali terlihat pula guru ikut bergoyang bersama. Alhasil video tersebut pun menuai banyak kecaman dari warganet.

Belakangan diketahui video tersebut adalah perayaan kelulusan siswa dan siswi SMA Negeri 2 Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Kepala SMA Negeri 2 Makale, Andarias Tandi Toding, yang dikonfirmasi soal kegiatan tersebut membenarkan jika aksi yang ada dalam video itu benar terjadi di lingkungan SMA Negeri 2 Makale.

"Iya betul, itu acara kelulusan anak didik di sekolah kami," kata Andrias, Jumat (3/5/2019).

Dia menjelaskan bahwa lantunan Electric Dance Music dan tarian siswa dan siswi serta sejumlah guru itu tidak masuk dalam rangkaian kegiatan. Semua itu, lanjutnya, terjadi begitu saja secara tiba-tiba.

"Rangkaian kegiatan kita itu kan cuma syukuran penamatan siswa dan siswi serta ada kegiatan kebaktian paskah," jelasnya.

Saat kejadian tersebut, Andarias mengaku tak berada di lokasi kejadian. Sebab ia buru-buru pergi setelah pembukaan dan acara inti selesai.

Ia pun memastikan akan segera melakukan rapat internal dan mengevaluasi seluruh yang terlibat dalam kejadian tersebut. Iapun sangat menyayangkan lantaran apa yang dilakukan oleh anak didikanya viral di media sosial

"Kita akan berikan pembinaan bagi siapapun yang memunculkan ide musik tersebut dan akan melakukan evaluasi agar tidak terulang kembali," dia menegaskan.

Berikut salah satu video aksi pelajar tersebut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes: Persalinan di Rumah Sangat Berisiko

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI terus mengingatkan kepada para ibu hamil agar melakukan persalinan di puskesmas, rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) lainnya. Persalinan di rumah merupakan salah satu faktor yang membuat angka kematian ibu di Indonesia tinggi.

"Persalinan di rumah itu sangat berisiko, kan enggak mungkin bidan datang ke rumah bawa alat untuk persalinan lengkap," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Kirana Pritasari.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, ada sekitar 96 persen ibu hamil yang sudah memeriksakan kesehatan ke fasyankes. Namun, hanya 79 persen yang melahirkan di puskesmas atau rumah sakit.

"Berarti kan ini turun. Ada 15 persen yang enggak melahirkan di fasyankes," kata Kirana kepada Liputan6.com di kantornya di Rasuna Said, Kuningan Jakarta pada Kamis (2/5/2019).

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pritasari. (Foto: Sigit Santoso/Liputan6.com)

Pada saat seorang ibu melahirkan di rumah, berisiko tinggi bila mengalami pendarahan atau infeksi yang tidak tertolong. Hal inilah yang membuat Kemenkes mendorong agar para ibu untuk melahirkan di puskesmas maupun rumah sakit.

"Kami sangat menganjrukan agar persalinan di fasyankes. Apalagi sekarang sudah ada JKN yang sagat berguna untuk mendorong masyarakat agar bisa melahirkan di fasyankes," kata Kirana lagi.

Rumah Tunggu Persalinan

Sementara bagi ibu hamil yang rumahnya jauh dari puskesmas bisa menggunakan program yang kini tengah dijalankan oleh Kemenkes, rumah tunggu persalinan. Program tersebut memang untuk mengakomodir ibu hamil jelang persalinan yang jarak tempat tinggalnya jauh dari fasyankes.

"Saat akan melahirkan, dia akan dibawa ke puskesmas terdekat. Lalu, usai melahirkan bisa kembali beberapa waktu ke rumah tunggu. Ini gratis," kata Kirana.

Layanan ini sudah tersedia di seluruh Indonesia, kecuali di DKI Jakarta. 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Chelsea Petik Pelajaran dari Insiden Membangkang Sarri

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, mengakui dirinya bersalah saat membangkang perintah Manajer Maurizio Sarri di final Piala Liga. Ia pun belajar banyak dari hal tersebut.

Kepa mendapat banyak kecaman setelah menolak diganti oleh Sarri di laga final Piala Liga Inggris kontra Manchester City, akhir Februari lalu. Ia tak mau meninggalkan lapangan, meski Willy Caballero telah bersiap-siap masuk.

Penolakan tersebut membuat Sarri marah-marah di bangku cadangan Chelsea. Sang kiper pun kemudian kena hukuman dan tak dimainkan pada laga berikutnya.

"Aku menerima apa yang dikatakan manajer dan klub baik-baik saja dan aku sadar tidak memainkan pertandingan berikutnya. Aku mendukung Willy dan tim semaksimal mungkin," kata Kepa kepada Daily Mail.

"Tentu saja, itu adalah satu-satunya hal yang bisa aku lakukan. Kejadian itu adalah sesuatu yang tidak aku banggakan. Itu adalah momen sulit yang aku pelajari. Sekarang saatnya bagiku untuk melihat ke depan bersama Chelsea."

Lihat Video

(AFP/Adrian Dennis)

Kepa mengaku baru sadar kesalahannya saat melihat video pertandingan.

"Aku mulai melihat semuanya ketika tiba di rumah dengan menonton video. Itulah pertama kalinya aku menyadari apa yang terjadi. Aku telah belajar pelajaran dari itu dan lain kali akan berbeda," Kepa menambahkan.

Statistik Kepa

Kepa sendiri sudah membela Chelsea dalam 51 pertandingan musim ini. Ia juga mencatatkan 22 clean sheet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangan Kena Catok Rambut, Widi Vierratale Bikin Panik

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kerap tampil tomboi, Widi Vierratale rupanya tetap memperhatikan penampilan. Ia juga mengubah tatanan rambutnya agar terlihat bagus dengan menggunakan alat catok.

Sialnya, saat hendak menggunakan alat tersebut Widi Vierratale justru salah pegang. Sehingga kedua jarinya pun melepuh.

Tentu saja, peristiwa yang dialami Widi Vierratale ini membuat panik orang-orang yang ada di sekitarnya. Sehingga mereka berusaha untuk langsung mengobati jari-jari tersebut.

Tak ada obat oles untuk luka bakar, mau tak mau jari-jari Widi Vierratale diobati dengan barang yang ada saja.

Hal itu diungkapkan Widi Vierratale di akun Instagram-nya, Jumat (3/5/2019). Ia juga menunjukkan dua jarinya yang berwarna putih.

Sakit Sekali

Widi Vierratale (Foto: Instagram/@_widikidiw_)

Widi Vierratale juga mengungkapkan rasanya jari-jari terkena catokan panas.

"Jangan sampai tangannya salah megang catokan dan mau gamau bikin orang sekitar panik ngolesin odol. Karena adanya odol. Hahahaha ini sakit banget loh kemarin. Asle," tulisnya sebagai keterangan foto.

Diledek

Widi Vierratale dan senjata api (Instagram/_widikidiw_)

Tak sedikit warganet yang memberikan saran cara mengobati luka bakar. Tapi ada juga warganet yang malah meledek Widi Viera.

"Pegang senapan ga pernah salah...bagian pegang catokan kok salah hahahahaha," tulis akun @car_ditos_way.

"Kirain lagi goreng bakwan kena minyaknya," timpal akun @sundanatoophat.

"Dari pada pegang catokan , mending pegang tangan pacar kak , ea," tambah akun @debbyalmega.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hancurkan Makeup Pacar Buat Acara Prank, Pria Ini Justru Tuai Kontroversi

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian besar wanita, makeup adalah salah satu barang penting. Baik banyak atau sedikit jumlahnya, makeup tetaplah barang yang seolah wajib yang dimiliki bagi kaum hawa.

Terlebih lagi bagi anak remaja. Makeup merupakan kebutuhan utama. Tak heran jika sebagian besar wanita selalu menyisihkan uang tabungan maupun gajian mereka hanya untuk membeli perlengkapan makeup.

 

Seorang wanita bahkan tak sungkan jika harus merogoh kocek dalam demi mendapatkan peralatan makeup idaman mereka. Tak sedikit wanita yang akan merasa sangat sedih jika ada alat makeupnya rusak ataupun hilang.

Mungkin itulah yang dirasakan oleh wanita satu ini. Dilansir dari akun media sosial Twitter @nanaxxahr oleh Liputan6.com, Sabtu (4/5/2019) mengunggah sebuah video di mana memperlihatkan seorang pria yang tengah menghancurkan perlengkapan makeup milik pacarnya.

Hanya Sebagai Prank Untuk Pacarnya

Diduga alasan si pria melakukan hal tersebut bermaksud untuk membuat video prank di mana korbannya adalah pacarnya sendiri. Video yang beredar di media sosial tersebut memperlihatkan si pria menghancurkan alat makeup seperti palette makeup, kuas dan bedak. Barang-barang mekup tersebut dihancurkan dan kemudian dimasukkan kedalam ember berisi air.

Saat pacarnya datang, yang terjadi justru sang wanita menangis dan memarahi si pria. Terdengar si pria masih berakting bahwa itu adalah tindakannya bahwa ia tak suka si pacar dandan. Kemudian mengatakan bahwa harga semua itu murah.

Secara tak terduga, tiba-tiba si wanita menampar pipi pria tersebut. Si pria mencoba menjelaskan bahwa semua itu hanyalah sebuah prank. Namun, semua sia-sia.

Reaksi Netizen yang Ikutan Nyesek

Dari unggahan video tersebut, tak pelak menarik perhatian netizen khususnya para kaum Hawa. Netizen yang menonton pun dibuat nyesek karena perlengkapan makeup yang dihancurkan bukanlah alat makeup yang harganya murah. Beberapa netizen bahkan mencoba menghitung harga makeup yang dihancurkan. Diperkirakan seluruh harga yang dihancurkan nyaris seharga Rp 1,3 juta.

"Gw ga suka makeup tp miris jg liatnyangenes sesakit itu ngerasain," tulis @Ryongnny.

"PGN GUE BOM COWONYA, " ujar @vorfreudeca.

"sialan itu dia gatau apa ngumpulin duit buat belinya tuh- :(((( " timpal @capellacrux.

"hastagaaaaa itu kalo pacar w ngeprank begituan suruh beliin setokonya" komentar @@BuennosaXx.

"dia yg dipecahin gua yg sakit hati oi astaga" ujar akun @aefrilla.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: TV Filipina Siarkan Bajakan Film Avengers Endgame

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan tv kabel di Filipina nekat menayangkan film Avengers: Endgame di saluran mereka. Padahal film ini masih diputar di bioskop.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Banyak Situs Nonton Avengers: Endgame Ilegal Berkedok Phising

Posted: 03 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski baru tayang di bioskop, film Avengers: Endgame ternyata menjadi salah satu topik yang paling banyak di internet.

Bahkan, tak sedikit yang ingin menontonnya secara ilegal di situs streaming film tak resmi. Padahal, situs yang mengiming-imingin nonton Avengers: Endgame secara gratis tersebut diklaim tidak aman dan berpotensi menimbulkan tidak phising. 

Semua sebetulnya dimulai dengan pencarian sederhana. Hasilnya mencakup situs web yang menjanjikan pengguna mengunduh atau melihat Avengers: Endgame online. Dari situlah, tangan jahil tak bertanggung jawab mengincar korban.

Kaspersky Lab pada pernyataan resminya mengungkap, aktivitas streaming ini, sebetulnya dimulai tanpa insiden. Namun, ancaman berbahaya akan datang setelah itu dimulai, di mana sebuah pesan muncul untuk meminta pengguna membuat akun.

Dari situ, pengguna akan mendaftar untuk membuat sebuah akun yang tak akan dipungut biaya, tetapi mereka harus memberikan alamat email dan membuat kata sandi.

Setelah mengeklik 'Lanjutkan', pengguna akan mengetahui bahwa itu saja tidak cukup. Akun harus divalidasi. Untuk itu, diperlukan informasi tagihan pengguna dan detail kartu kredit termasuk kode CVC yang tercetak di bagian belakang kartu.

Situs web menjanjikan informasi yang hanya akan digunakan, untuk memastikan bahwa pengguna berasal dari negara di mana situs web tersebut "berlisensi untuk mendistribusikan" konten.

Di situ, tertulis bahwa pengguna tidak akan dikenai biaya apapun. Tentu saja, tidak akan ada film yang telah dijanjikan.

Beberapa detik konten asli yang ditayangkan para scammers hanyalah sebagian dari cuplikan trailer film. Akhirnya, informasi yang diberikan pengguna berakhir di tangan scammers.

Membuat Akun di Situs Web Ini Berbahaya

Ilustrasi scam. (Doc: Better Business Bureau)

Sebagian besar pengunjung akan meninggalkan situs setelah diminta untuk rincian kartu kredit mereka. Namun, scammers telah 'menang' dengan mendapatkan alamat email dan kata sandi.

Kenyataannya, mereka masih cenderung menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun.

Hampir semua orang melakukannya. Oleh karena itu, sangat mungkin dipertaruhkan bahwa setidaknya beberapa kombinasi email dan kata sandi yang dikumpulkan oleh scammers di situs web ini, akan cocok dengan kredensial akun di situs web lain seperti toko online, layanan gim atau streaming, akun email, media sosial, dan seterusnya.

Dan akun-akun itu akan berharga untuk para scammers online. Mereka dapat menggunakannya untuk mencuri uang atau barang berharga digital, mencuci dana dan barang curian, atau setidaknya untuk melakukan spamming.

 "Metode rekayasa sosial ditujukan untuk mengeksploitasi emosi seseorang. Franchise berpengaruh dan sangat dicintai dengan basis penggemar global yang sangat besar sepertinya menjadi target yang sempurna," kata Tatyana Sidorina, peneliti keamanan di Kaspersky Lab.

"Godaan untuk mengambil beberapa jalan pintas keamanan demi menonton film yang telah lama ditunggu-tunggu dan tidak perlu khawatir akan spoiler atau tiket terjual habis dapat terbukti sangat menarik bagi penggemar setia, itulah yang menjadi mangsa para pelaku kejahatan siber" tambahnya.

Rekomendasi Kaspersky Lab

Phising
  • Jangan mengklik tautan dalam email, teks, pesan instan atau posting media sosial jika itu berasal dari orang atau organisasi yang tidak Anda kenal. Periksa alamat yang mencurigakan aneh ketika ada informasi pribadi atau keuangan yang diminta, situs yang sah harus dimulai dengan "https". Phisher akan selalu mengeksploitasi emosi seseorang. Tanda-tanda bahwa mungkin ada pelaku phisher di tempat kerja termasuk pesan yang terlalu mengancam (berupa peringatan pengenaan  denda atau hukuman lain, misalnya), menuntut tindakan segera, meminta sejumlah besar informasi yang sangat pribadi dan tampaknya tidak relevan, atau hanya terdengar terlalu berlebihan untuk dilakukan.
  • Memiliki kartu bank dan rekening terpisah dengan jumlah uang terbatas khusus untuk hiburan online. Ini akan membantu menghindari kerugian finansial yang serius jika detail bank Anda dicuri.
  • Gunakanlah solusi keamanan yang andal untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman, seperti Kaspersky Security Cloud.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Cari Pengganti Ramsey di PSG

Posted: 03 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan kehilangan salah satu gelandang andalannya, Aaron Ramsey, pada bursa transfer musim panas nanti. Untuk mengisi kekosongannya, Charlie Nicholas menyarankan bekas klubnya tersebut untuk membajak Adrien Rabiot dari PSG.

Rabiot merupakan salah satu pemain yang bisa direkrut secara gratis pada bursa transfer musim panas ini. Pasalnya, kontrak gelandang asal Prancis itu akan selesai pada akhir bulan Juni mendatang dan dirinya pun tak tertarik untuk memperbaharuinya.

Sejumlah klub juga dikabarkan telah berbaris untuk mendapatkan tanda tangannya. Terakhir, ia disebut sudah semakin dekat dengan sang juara bertahan Serie A, Juventus. Selain itu, ia juga diberitakan sedang diincar oleh Real Madrid.

Nicholas sendiri meyakini bahwa Rabiot cocok untuk bermain di Arsenal, terlebih setelah mereka dipastikan akan ditinggal Ramsey musim depan. Ia pun mendesak Emery untuk segera melakukan pergerakan sebelum didahului klub lain.

"Kami butuh gelandang bertipe box-to-box dan pemain yang juga bisa jadi penerima umpan, jadi ini adalah masalah membawa sosok yang tepat," tutur Nicholas, seperti yang dikutip dari Express.

"Adrien Rabiot bisa direkrut secara gratis dan telah dihubungkan dengan klub-klub yang berbeda, tapi saya akan mengambilnya. Dia punya kualitas dan berada pada level yang layak, sesuatu yang Arsenal butuhkan," lanjutnya.

Prioritaskan Akademi

Gelandang PSG, Adrien Rabiot, dikaitkan dengan Arsenal. (AFP/Christophe Simon)

Emery sendiri, beberapa waktu lalu, mengkonfirmasi bahwa dirinya sedang mencari sosok pengganti Ramsey. Hanya saja, pelatih asal Spanyol tersebut terlihat tidak tertarik untuk mencari pemain dari luar Arsenal.

"Ada juga pemain akademi yang menghasilkan performa apik dan bisa berkembang. Kami bisa menggantinya dengan pemain dari luar, atau pemain yang sudah ada di sini dan bisa berkembang seperti apa yang ia [Ramsey] lakukan," ujar Emery kepada Sky Sports.

Banyak Pergerakan

"Akan ada banyak pergerakan dalam hal pembelian dan kepergian. Atau bahkan bisa saja sedikit, tapi yang pertama adalah saya percaya bahwa ada dasar yang sudah bagus di tim ini," tandasnya.

Karir Ramsey di Arsenal sendiri, bisa dibilang, berakhir dengan buruk. Pemain asal Wales tersebut tak bisa menuntaskan musim lantaran mengalami cedra saat The Gunners melawat ke markas Napoli dalam rangka laga leg kedua perempat final.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Pleno Hasil Pemilu Luar Negeri, KPU Nyatakan Siap Rekapitulasi Nasional

Posted: 03 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno perdana rekapitulasi pemilu 2019 di luar negeri hari ini. Komisioner KPU, Viryan Aziz mengatakan, jumlah keseluruhan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sebanyak 130.

Rekapitulasi nasional akan dilakukan selama lima hari dimulai sejak Sabtu 4 Mei 2019 hingga Rabu 8 Mei 2019 yang setiap rapat pleno menghadirkan 26 PPLN.

Dia menegaskan, diselenggarakannya rapat pleno pemilu di luar negeri dengan jumlah PPLN tersebut, menunjukkan KPU sudah siap melakukan proses rekapitulasi secara nasional.

"Dimulai dengan rekap dari luar negeri, jadi 130 PPLN yang sudah ada dari Australia, Taipei, Belanda , Insyaallah yang lain juga akan datang. Poinnya KPU sudah siap melakukan rekapitulasi tingkat nasional," kata Viryan sebelum rapat pleno di kantor KPU, Jalan Imam Bondjol, Jakarta Pusat, dimulai, Sabtu (4/5/2019).

Kendati masih ada PPLN yang masih melakukan pemungutan suara ulang seperti di Sydney dan Kuala Lumpur, Viryan mengatakan proses rekapitulasi tetap berjalan. Sebab KPU menargetkan rekapitulasi pemilu di luar negeri rampung Rabu 8 Mei..

"Oh iya sambil jalan. Ini kan kita targetkan selesai tanggal 8, misalnya seperti KL sedang berjalan namun hampir semua sudah rampung," tandas Komisioner KPU ini.

26 PPLN Hari Ini

Komisioner KPU, Ilham Saputra menunjukkan cara kerja sistem informasi penghitungan suara Pemilu 2019 di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (20/3). KPU mulai melakukan uji coba sistem ini. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu berdasarkan surat undangan yang diberikan KPU ada 26 PPLN yang dijadwalkan hadir pada rapat pleno rekapitulasi hari ini, yaitu Sarajevo, Pyong Yang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisabon, Karachi, Praha, Hanoi, Yangon, Rabat, New Delhi, Dakar, Helsinki, Wina.

Selanjutnya Moskow, Khartoum, Bandar Seri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth, dan Tokyo.

Jika rekapitulasi luar negeri sudah dimulai, maka rekapitulasi secara nasional baru akan dilakukan setelah rekapitulasi tingkat provinsi.

 

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Intensif Hakim dan Pengacara yang Ditangkap di Balikpapan

Posted: 03 May 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa secara intensif terhadap lima orang yang telah ditangkap di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Jumat 3 Mei 2019.

"Lima orang yang diamankan di Balikpapan telah dibawa ke gedung KPK pagi ini. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan secara intensif," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Sabtu (4/5/2019).

KPK mempunyai waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status penanganan perkara ini dan juga pihak-pihak yang dibawa tersebut. "Hasilnya akan kami sampaikan sore atau malam ini melalui konferensi pers di gedung KPK," ucap Febri seperti dilansir Antara.

Lima orang yang ditangkap itu terdiri dari satu hakim, dua pengacara, satu panitera muda, dan satu dari pihak swasta.

"KPK mengamankan mereka setelah mendapatkan informasi akan terjadinya transaksi pemberian uang pada hakim yang mengadili sebuah perkara pidana di PN Balikpapan. Setelah kami cek di lapangan dan ada bukti-bukti awal, maka sejumlah tindakan dilakukan," tutur Febri

Jubir KPK ini menambahkan, ada uang sekitar Rp100 juta yang diamankan dalam perkara ini yang diduga merupakan bagian dari permintaan sebelumnya, yaitu jika dapat membebaskan terdakwa dari ancaman pidana dalam dakwaan kasus penipuan terkait dokumen tanah.

OTT KPK

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah

Sebelumnya, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Balikpapan. Dalam operasi kali ini penyidik mengamankan lima orang yang terdiri dari hakim dan pengacara.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penindakan dilakukan pada Jumat 3 Mei 2019 sore di Balikpapan. Lima orang tersebut diamankan ke Polda Kalimantan Timur guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Satu orang hakim, dua orang pengacara, satu panitera muda dan satu swasta," katanya, Jumat (3/5/2019).

Dalam operasi kali ini, KPK mengamankan terduga pelaku setelah mendapatkan Informasi akan terjadinya transaksi pemberian uang pada hakim yang mengadili sebuah perkara pidana di PN Balikpapan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengurusan Akta Tanah Dipersulit, Bakar Kantor Desa Sambil Live Facebook

Posted: 03 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Pinrang - Muhammad Sai alias Lasade, naik pitam lantaran merasa di permainkan oleh aparatur desa saat hendak mengurus akta jual beli (AJB) tanah di desa tempat ia tinggal, Desa Mallongi-Longi, Kecamatan Lasinrang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. 

Saking kesalnya, Muhammad Sai bahkan nekat membakar Kantor Desa Mallongi-Longi pada Jumat, 3 Mei 2019. Tidak hanya itu, pria berusia 41 tahun ini bahkan menyiarkan aksi pembakaran kantor desa itu secara langsung di akun Facebook miliknya yang bernama Lagaligo.

"Karena pelayanan tidak ada sama sekali, sudah beberapa kali saya mengajukan permohonan akta tanah, sudah berjalan tiga bulan tidak pernah selesai," kata Muhammad Sai dalam video yang belakangan viral di media sosial tersebut.

 

Dalam video itu terlihat Muhammad Sai membawa satu buah jeriken berisikan bahan bakar jenis premium dan pelepah pisang kering yang kemudian ia tumpuk bersama kursi dan berbagai jenis benda lalu ia bakar.

"Saya seorang penyandang difabel, semestinya mendapatkan perioritas yang lebih, tapi apa yang dilakukan oleh pemerintah terhadap saya adalah diskriminasi, baik oleh pemerintah desa maupun pemerintah kecamatan," ucapnya lalu menyiramkan bensin dan menyulut api hingga Kantor Desa Mallongi-Longi dipenuhi kepulan asap.

Muhammad Sai mengaku bukan kali pertama ia mengajukan akta jual beli kepada pihak pemerintah desa. Pada Februari 2019 lalu, dia mengaku telah menjual tanah warisan miliknya berupa sawah seluas 34 hektare dan tanah kosong seluas 18 hektare dengah harga Rp. 200 juta.

"Saya sudah membayar Rp. 5 juta, tapi baru akta sawah yang selesai. Saya merasa dipermainkan. Giliran proyek dengan anggaran besar cepat sekali diurus padahal saya ini masyarakatnya yang mempunya hak untuk itu," ucap Sai kesal.

Sai menjelaskan bahwa ia beberapa kali harus bolak-balik dari Kota Palu, Sulawesi Tengah dan Pinrang, Sulawesi Selatan, hanya untuk mengurus akta jual beli tersebut. Namun sayang pihak pemerintah desa dan pemerintah kecamatan tidak juga menebitkan akta tersebut.

"Inilah bukti ungkapan kekesalan saya, saya siap mempertanggung jawabkannya," tegasnya.

Api dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh Kantor Desa Mallongi-Longi, hingga kantor desa itu rata dengan tanah. Meski datang terlambat Pemadam Kebakaran berhasil membuat api tidak semakin membesar dan menghanguskan gedung lainnya yang berada di sekitar kantor desa tersebut. 

Kapolres Pinrang, AKBP Bambang Suharyono membenarkan ihwal kejadian tersebut. Kini Muhammad Sai menjalani pemeriksaan intensif di Polres Pinrang untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

"Masih diperiksa intensif. Kita cari tahu motifnya, barangkali ada motif lain, perkembangannya akan kami infokan," ucap Kapolres Pinrang, AKBP Bambang Suharyono saat dikonfirmasi terpisah.

Berikut potongan video live pembakaran kantor desa tersebut: 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semua Pemain Persib Punya Tekad Lolos Semifinal Piala Indonesia

Posted: 03 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung mengincar kemenangan demi lolos ke fase semi final Piala Indonesia saat menjamu Borneo FC pada leg kedua babak 8 besar, Sabtu (4/5/2019) di Si Jalak Harupat. Pangeran Biru hanya butuh kemenangan 1-0 saja pada partai tersebut.

Namun, kemenangan tersebut tidak akan dengan mudah didapat dari Borneo FC. Pasalnya, kemenangan Borneo 2-1 saat bertanding di Samarinda menjadi modal kuat bagi tim besutan Roberto Carlos Mario Gomez.

Kapten Persib, Supardi Nasir mengatakan, ia dan rekan-rekannya sudah menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelum pertandingan. Untuk meraih kemenangan, para pemain sudah dalam keadaan siap tempur.

"Lawan Borneo jadi pertandingan yang ditunggu-tunggu oleh semua dan menurut saya krusial untuk kita karena bicara juara kita harus lolos dulu ke fase berikutnya," ujar Supardi, Jumat (3/5/2019). 

Pemain bernomor punggung 22 itu optimis karena kini Persib bermain di kandang sendiri. Pemain Persib bakal bersemangat untuk bisa kalahkan Borneo FC mendapat dukungan penuh Bobotoh.

"Semua pemain punya tekat untuk lolos," ujar pemain Persib yang dikenal religius ini.

Menyerang

Robert Rene Alberts sempat diminati beberapa klub sebelum memutuskan melatih Persib Bandung. (Huyogo Simbolon)

Duel Persib vs Borneo FC nanti bakal berlangsung menarik. Persib yang masih defisit satu gol dipastikan bakal tampil menyerang di pertandingan nanti.

Pelatih anyar Persib, Robert Rene Alberts diketahui senang dengan sepak bola menyerang dan tidak ragu memainkan para pemain muda berbakat. Dia tentu akan membuat Persib tampil sesuai keinginannya.

Harapan untuk kembali Persib berjaya sekarang berada di pundak Rene Alberts. Bobotoh rindu menyaksikan tim kesayangan mereka mengangkat trofi.

"Saya pikir persib sudah punya persiapan yang bagus. Kita juga di awal bermain di kandang lawan Persipura dan PS Tira. Kita konsentrasi ke latihan nanti, saya memang belum tahu setiap pemainnya bagaimana, tapi kita bisa lakukan latihan atau uji coba beberapa kali sampai kita benar-benar siap untuk laga," ujarnya.

Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pejabat Korsel: Korut Lakukan Uji Coba Rudal Jarak Pendek

Posted: 03 May 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Korea Utara dilaporkan kembali menembakkan sejumlah rudal proyektil jarak pendek pada Sabtu 4 Mei 2019 pagi, di pantai timur negaranya. Laporan tersebut disampaikan oleh seorang pejabat Korea Selatan yang turut memantau aktivitas terkait.

Dikutip dari laman CNN, Sabtu (4/5/2019), rudal proyektil jarak pendek itu ditembakkan hingga jarak 70 hingga 200 kilometer, sebelum akhirnya jatuh ke laut.

Kini pihak Korea Selatan dan Amerika Serikat masih menganalisis peluncuran rudal tersebut. Menurut keterangannya, rudal diluncurkan pada pukul 09.06 waktu setempat.

"Saat ini, militer kami telah mengintensifkan pengawasan dan kewaspadaan apabila ada peluncuran rudal tambahan," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Peluncuran rudal ini terjadi beberapa minggu setelah Korea Utara mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan uji tembak senjata berpemandu taktis.

Dalam laporan Kantor Berita Korut (KCNA), pemimpin Kim Jong Un memuji uji coba itu sebagai "peristiwa bersejarah yang hebat dalam memperkuat kemampuan tempur tentara."

Program rudal Korea Utara membuat langkah besar pada tahun 2017, di mana Pyongyang mengatakan telah berhasil menguji-coba tiga rudal balistik antarbenua.

Para ahli mengatakan Hwasong-15, yang diluncurkan pada akhir November, kemungkinan dapat tiba dan menghancurkan sebagian besar wilayah Amerika Serikat.

Proyektil yang ditembakkan pada hari ini tampaknya jauh lebih kecil. Namun kewaspadaan dari pihak Korea Selatan terus ditingkatkan.

Sebelumnya, dalam pertemuannya dengan Presiden Rusia, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengatakan perdamaian dan keamanan di Semenanjung Korea tergantung dari sikap Amerika Serikat.

Dikutip dari laman EuroNews, pernyataan Kim Jong-un ini dipandang sebagai upaya menjaga tekanan pada AS terkait sanksi yang Korut terima.

Kim juga mengatakan, dirinya akan menunggu "sampai akhir tahun ini" agar Amerika Serikat berubah pikiran.

Kesepakatan Masih Gantung

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Vladivostok, Kamis 25 April 2019 (Alexander Zemlianichenko / AP PHOTO)

Situasi di Semenanjung Korea masih gantung, setelah tidak ditemukan kesepakatan dalam KTT kedua antara Kim Jong-un dan Donald Trump di Hanoi, Vietnam beberapa waktu lalu.

Pada Kamis kemarin, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertatap muka untuk pertama kalinya dalam sebuah pertemuan tingkat tinggi yang sangat diantisipasi di Vladivostok.

Berbicara kepada media setelah bertemu dengan Vladimir Putin untuk tatap muka pertamanya, pemimpin Korea Utara itu mengatakan dia mengharapkan untuk memiliki "pertemuan bermanfaat" dengan Presiden Rusia.

Sementara Putin merasa yakin bahwa kunjungan Kim Jong-un akan membantu "hubungan bilateral dan akan membantu untuk memahami cara-cara yang dapat membantu menyelesaikan situasi di Semenanjung Korea, apa yang dapat dilakukan bersama, serta apa yang dapat dilakukan Rusia untuk mendukung proses positif yang ada sekarang."

Putin juga mengatakan, "Kami menyambut upaya Anda (Kim Jong-un) mengembangkan dialog Antar-Korea dan upaya Anda untuk menormalkan hubungan AS-Korea Utara.

Dan tentu saja, dalam hal agenda bilateral, kita perlu mencapai banyak hal untuk mengembangkan hubungan perdagangan dan ekonomi dan hubungan kemanusiaan."

Pemimpin Negara ke-6 yang Ditemui Kim Jong-un

Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Alexei Nikolsky)

Vladimir Putin adalah pemimpin dunia keenam yang telah bertemu Kim Jong-un sejak ia memimpin Korea Utara pada 2011. Semua pertemuan ini telah terjadi sejak 2018, ketika rezim Kim muncul dari bayang-bayang dan mulai melakukan tebar pesona diplomatik.

Kim telah bertemu Presiden China Xi Jinping dalam empat perjalanan ke Tiongkok - tiga ke Beijing dan satu ke Dalian. Perjalanan Kim pada Maret 2018 ke ibukota China adalah perjalanan luar negeri pertamanya sejak naik ke tampuk kekuasaan.

Dia kemudian mengunjungi Dalian pada Mei dan kembali ke Beijing pada Juni tak lama setelah pertemuan puncaknya di Singapura dengan Trump. Kim juga mengunjungi Beijing pada Januari 2019.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in telah bertemu Kim tiga kali, semuanya pada 2018 - dua kali di zona demiliterisasi yang membagi kedua Korea dan satu kali di Pyongyang.

Kim juga mengadakan dua KTT dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, satu di Singapura pada Juni 2018 dan satu lagi di ibukota Vietnam, Hanoi pada Februari 2019.

Pada kedua kunjungan itu dia juga bertemu dengan para pemimpin negara tuan rumah, Presiden Singapura Lee Hsien Long dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid Bidik Gelandang Ajax jika Gagal Boyong Pogba

Posted: 03 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Raksasa La Liga, Real Madrid dikabarkan berminat merekrut gelandang muda Ajax Amsterdam, Donny van de Beek pada jendela transfer musim panas mendatang.

Van de Beek merupakan jebolan asli akademi Ajax. Sejak menjalani debutnya di tim senior pada 2015 silam, pemain 22 tahun itu langsung menjadi andalan di lini tengah Ajax.

Belakangan Van de Beek menyita perhatian berkat performa impresifnya di Liga Champions. Gelandang bernomor punggung 6 itu mencetak gol ke gawang Juventus di perempat final dan Tottenham di semifinal.

Penampilan apik Van de Beek pun membuatnya namanya menjadi incaran sejumlah klub papan atas Eropa. Dilansir Marca, salah satu peminat Van de Beek adalah Real Madrid.

Kabarnya, kubu Madrid menjadikan Van de Beek sebagai target alternatif jika perburuan mereka terhadap gelandang Manchester United, Paul Pogba menemui kegagalan.

Pogba sejauh ini memang masih menjadi target utama Real Madrid. Namun nominal gaji yang sangat tinggi membuat Los Blancos diyakini masih pikir-pikir untuk merekrut sang pemain.

Dapat Sorotan

Gelandang Ajax Amsterdam asal Belanda, Donny van De Beek. (Istimewa)

Van de Beek sejatinya tak terlalu mendapat sorotan. Ia kalah tenar dibanding dua bintang muda Ajax lainnya, yakni Frenkie de Jong dan tentu saja kapten Matthijs de Ligt.

Namun penampilan luar biasa Van de Beek kontra Real Madrid, Juventus, dan Tottenham di babak knock-out membuatnya ikut-ikutan menjadi perbincangan.

PSG Berminat

Klub kaya raya Prancis, PSG kabarnya juga tertarik meminang Van de Beek. Kubu Ajax sendiri diyakini bakal mematok harga sekitar 60 juta euro untuk Van de Beek.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Wali Kota Dumai Dicegah ke Luar Negeri

Posted: 03 May 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah bepergian ke luar negeri terhadap Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah (ZAS). Zulkilfi merupakan tersangka dua perkara, yaitu tindak pidana korupsi terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) dan penerimaan gratifikasi.

"KPK telah mengirimkan surat ke Imigrasi tentang pelarangan ke luar negeri terhadap tersangka ZAS. Dicegah ke luar negeri selama enam bulan terhitung mulai 3 Mei 2019," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Sabtu (4/5/2019) seperti dilansir Antara.

Pada perkara pertama, Wali Kota Dumai Zulkifli Adnan Singkah diduga memberi uang total sebesar Rp550 juta kepada Yaya Purnomo dan kawan-kawan terkait dengan pengurusan anggaran DAK APBN-P Tahun 2017 dan APBN Tahun 2018 Kota Dumai.

Yaya Purnomo merupakan mantan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman Direktorat Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan.

Sedangkan pada perkara kedua, tersangka Zulkifli diduga menerima gratifikasi berupa uang Rp50 juta dan fasilitas kamar hotel di Jakarta.

Gratifikasi tersebut diduga berhubungan dengan jabatan tersangka dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya serta tidak dilaporkan ke KPK dalam waktu paling lambat 30 hari kerja.

Pada perkara pertama, Zulkifli disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) hurufa atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sedangkan pada perkara kedua, Wali Kota Dumai Zulkifli disangkakan melanggar pasal 12 B atau Pasal 11 Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

 

Geledah Rumah Wali Kota Dumai

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita sejumlah dokumen yang diduga terkait proyek dan anggaran, setelah menggeledah rumah serta kantor Wali Kota Dumai Zulkifli AS, di Kota Dumai, Riau, Jumat 26 April 2019.

"Kami konfirmasi benar ada tim KPK yang ditugaskan ke Dumai hari ini melakukan penggeledahan di dua tempat, yaitu rumah dan kantor Wali Kota Dumai. Dari lokasi tersebut disita sejumlah dokumen terkait proyek dan anggaran," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Jakarta, Jumat, seperti dilansir Antara.

Zulkifli AS pernah dipanggil KPK pada 7 Agustus 2018 sebagai saksi untuk tersangka Yaya Purnomo, dalam penyidikan tindak pidana korupsi suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan Tahun Anggaran 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pemprov Jatim Tekan Harga Bawang Putih

Posted: 03 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Kediri - Sebagai salah satu upaya untuk menekan kenaikan harga bawang putih yang terus melonjak naik hingga Rp 60 ribu per kilogram (kg).

Pemerintah berencana impor bawang putih untuk menekan harga bawang putih yang mencapai Rp 60 ribu per kilogram (Kg). Jatah bawang putih impor yang didatangkan khusus untuk wilayah Jawa Timur mencapai 15 ribu ton.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indah Parawangsa menyampaikan, impor bawang putih tersebut, merupakan sepenuhnya kewenangan dari Kementerian Perdagangan dan Daglu (Perdagangan luar negeri kemenlu). Bawang putih impor ini masuk ke Jawa Timur diperkirakan pada 10 Mei 2019.

"Impor ini kewenangan dari Kementerian Perdagangan juga dengan Perdagangan luar Negeri Kemenlu. Insya Allah yang masuk Jawa Timur tanggal 10 Mei ini, sebanyak  15 ribu ton," kata Khofifah di Kediri, seperti ditulis Sabtu (4/5/2019).

 

 

Selanjutnya

Suasana pasar tradisional Cirebon menjelang Ramadhan. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Lebih lanjut, perempuan yang juga menjabat sebagai ketua Muslimat NU ini memaparkan jika estimasi kebutuhan bawang putih masyarakat Jawa Timur setiap bulan mencapai 4.690 ton.

Maka jatah 15 ribu ton bawang putih impor yang akan masuk ke Wilayah Jawa Timur, dapat dipergunakan untuk kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

"Tentu yang sampai lebih dari itu, karena akan ada prose distribusi ke Provinsi Lain. Kebutuhan bawang puting sebulan di Jawa Timur 4 ribu 690 ton. Jadi kalau 15 ribu ton akan turun ditanggal 10 mei ini, insyahallah maka cukup untuk tiga bulan ke depan," ucap dia.

Ia berharap dengan masuknya bawang putih impor ke Jawa Timur, tidak ada siapa pun yang ingin memanfaatkan momentum tersebut untuk membeli komoditi sayuran tersebut dalam jumlah banyak dan melakukan aksi penimbunan.

Sebaliknya Khofifah mengajak siapa pun untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat ketika menghadapi  Ramadan.

"Saya berharap bahwa, tidak ada yang memanfaatkan sussana seperti ini. Tidak ada yang borong borong dan menimbun. Mari kita memberikan layanan terbaik untuk masyarakat ketika menghadapi Bulan Ramadan. Mereka dengan suka cita karena bisa mengakses berbagai bahan kebutuhan pokok yang terjangkau oleh masyarakat," ujarnya. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap Liga Italia: Juventus Nyaris Kalah

Posted: 03 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus gagal memenangi Derbi Turin dalam lanjutan Liga Italia pekan ke-35, Sabtu (4/5/2019) dinihari WIB. Bianconeri malah hampir saja kalah jika tak punya Cristiano Ronaldo.

Juventus turun dengan skuat utama kendati telah memastikan gelar juara Liga Italia. Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri menurunkan formasi 4-4-2 dengan duet Ronaldo dan Mousa Kean di lini depan.

Gawang Juventus yang dikawal Wojciech Szczesny bobol pada menit ke-18 lewat aksi Saa Luki. Kedudukan bertahan hingga babak pertama usai.

Juventus baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 84. Umpan Spinazzola mampu dikonversi Ronaldo menjadi gol ke gawang Salvatore Sirigu.

 

Berikut hasil lengkap Liga Italia Malam Tadi

Juventus 1-1 Torino

Gol: Ronaldo (84') - Lukic (18')

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Resepsi Pernikahan Syahrini dan Reino Barack, Penuh Cinta

Posted: 03 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari Jumat, (3/5/2019) menjadi hari yang bahagia bagi pasangan Syahrini dan Reino Barack. Setelah resmi menjadi suami istri pada 27 Februari lalu, dua sejoli itu menggelar resepsi pernikahan di Four Seasons Hotel, Jakarta.

Pasangan yang mengikrarkan janji di Masjid Camii, Tokyo, Jepang itu menjadi tokoh utama di acara gala dinner yang digelar semalam. Banyak tamu undangan yang hadir dan memeriahkan kebahagiaan Syahrini dan Reino Barack.

Resepsi pernikahan pelantun lagu 'Restu' itu diawali dengan konferensi pers terlebih dahulu. Selanjutnya, keduanya memasuki venue yang telah didesain mewah sambil bergandengan tangan.

Syahrini tampak anggun dan super cantik mengenakan gaun kerlap-kerlipnya serta tak lupa mahkota yang membuat wajahnya kian berseri. Sementara itu, Reino Barack tampil gagah dengan setelan jas hitam sederhana dengan tatanan rambut yang rapi.

Sepanjang acara, pasangan yang tengah dimabuk asmara itu tak henti-hentinya saling memandang dengan penuh cinta, membuat orang yang menyaksikan ikut senyum-senyum sendiri. Lantas, seperti apa kemeriahan resepsi pernikahan pasangan yang beken disebut Syahreino itu?

Selengkapnya, simak 7 momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (4/5/2019).

1. Syahrini dan Reino Barack memasuki venue resepsi sambil bergandengan tangan.

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: KapanLagi.com)

2. Keduanya tampil mesra berdansa diiringi lagu milik Reza Artamevia.

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: KapanLagi.com)

3. Gaun ke-tiga Syahrini serba putih dengan aksen mewahnya.

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: KapanLagi.com)

4. Syahrini dan Reino Barack mengabadikan momen indahnya bersama rekan artis.

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: Instagram/ariekuntung)

5. Hotman Paris pun datang ke acara resepsi pernikahan Syahreino.

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack  (Sumber: Instagram/hotmanparisofficial)

6. Deretan sahabat sekaligus partner bisnis hadir menghormati pasangan pengantin ini.

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack  (Sumber:  Instagram/poppyputri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Memukau Ed Sheeran Hibur Penggemar di Jakarta

Posted: 03 May 2019 08:30 PM PDT

Aksi panggung Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Dalam konsernya itu, Ed Sheeran sempat membawakan lagu populer dari Justin Bieber berjudul

Aksi panggung Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Dalam konsernya itu, Ed Sheeran sempat membawakan lagu populer dari Justin Bieber berjudul

Sejumlah penonton menyaksikan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membawakan beberapa lagu andalan antara lain Photograph, Thinking Out Loud, Shape of You, dan Perfect. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Sejumlah penonton menyaksikan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membawakan beberapa lagu andalan antara lain Photograph, Thinking Out Loud, Shape of You, dan Perfect. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Penyanyi asal Inggris itu mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Penyanyi asal Inggris itu mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Aksi panggung Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Dalam konsernya itu, Ed Sheeran sempat membawakan lagu populer dari Justin Bieber berjudul

Aksi panggung Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Dalam konsernya itu, Ed Sheeran sempat membawakan lagu populer dari Justin Bieber berjudul

Ed Sheeran saat tampil menghibur penggemar dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membuka konser dengan lagu

Ed Sheeran saat tampil menghibur penggemar dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membuka konser dengan lagu

Penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran menyapa penggemarnya selama konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membawakan beberapa lagu andalan antara lain Photograph, Thinking Out Loud, Shape of You, dan Perfect. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran menyapa penggemarnya selama konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Ed Sheeran membawakan beberapa lagu andalan antara lain Photograph, Thinking Out Loud, Shape of You, dan Perfect. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Penyanyi asal Inggris itu mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

Penampilan Ed Sheeran dalam konser Divide World Tour 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat (3/5/2019). Penyanyi asal Inggris itu mengaku senang bisa hadir di tengah-tengah penggemarnya di Indonesia. (Fimela.com/Bambang E. Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

27 Steps of May: Perempuan, Pemerkosaan, dan Kekuatan untuk Bangkit

Posted: 03 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film 27 Steps of May dibuka dengan cerita May (Raihaanun), saat ia pulang dari taman hiburan. Siswi berseragam SMP ini membawa boneka dan balon. Di tengah jalan, ia diperkosa beberapa pemuda.

Jelang malam, May pulang ke rumah dengan pakaian compang-camping. Ayah May (Lukman) yang tengah membuat taman di samping teras syok. Delapan tahun berlalu sejak tragedi itu, May dibayangi trauma hebat. Sementara ayahnya, melampiaskan amarah dan rasa bersalah di atas ring tinju.

 Interaksi May dan ayahnya sangat dingin. Sejak pemerkosaan itu, ia tak mengucap sepatah kata pun. Kalau pun ada komunikasi, hanya satu arah, dari ayahnya.

 

Suatu hari, May mendapati tembok di dinding kamarnya berlubang. Dari lubang itu, May melihat seorang pesulap (Ario) memainkan beberapa trik, dari menghilangkan koin hingga memunculkan burung merpati dari buku. Sejak itu, kehidupan May berubah. Ia mencicipi beragam emosi dari takut, takjub, marah, bahagia, dan cemburu.

Film 27 Steps of May pada hakikatnya bicara trauma, kesepian, rasa bersalah, dan pelampiasan yang sayangnya tak mampu menyelesaikan masalah. Trauma digambarkan dengan adegan kilas balik yang berkelebatan saat May bersentuhan dengan orang lain, bahkan ayahnya sendiri.

Ia menutup diri dan menutup kemungkinan untuk keluar rumah. Kesepian tergambar dari rutinitas Lukman menyiapkan makanan, beraksi di ring tinju, dan obrolan dengan seorang kurir (Verdi). Saking kesepian, apa pun yang terjadi di sekitarnya selalu dipandang negatif.

 

 

Performa Raihaanun - Ario - Lukman

Aura negatif dari May dan ayahnya memancar, hingga rumah mereka terasa muram dan suram. Raihaanun mengeksekusi karakter May dengan brilian. Nyaris tanpa kata, Raihaanun memperlihatkan kesedihan hingga kehancuran batin lewat rutinitas yang membosankan. Matanya kosong, wajahnya seolah hendak meluapkan sesuatu yang tak dapat diucapkan.

Performa Raihaanun mengundang simpati dan empati penonton. Melihatnya beberapa kali menyayat pergelangan tangan dengan silet membuat hati pilu.

Di sisi lain, Lukman sebagai pemeran pendukung mampu mengimbangi keheningan lawan main dengan emosi yang lebih atraktif. Permainannya di atas ring tinju, keterlambatannya dalam menyadari sinyal-sinyal May yang berusaha bangkit setelah terpuruk menahun, dan semangatnya untuk melanjutkan desain taman merupakan grafik emosi yang membuat film ini bergejolak di beberapa titik.

Ario Bayu, yang muncul di pertengahan film sukses menyita perhatian. Kali pertama muncul di layar dari lubang tembok yang terpapar cahaya, wajah dan senyum tipisnya melambangkan harapan. Dari wajah dan gestur Ario, penonton berani menyemai harapan bahwa ialah yang akan membawa terang untuk karakter utama. 

Penuh Kebisuan

27 Steps of May (istimewa)

Naskah buatan Rayya Makarim sepertinya tidak tebal, tak banyak dialog, penuh kebisuan. Di tangan Raihaanun, kebisuan itu menjelma menjadi perjalanan mencari daya selama sewindu. Di tangan Lukman, kebisuan tak berarti diam karena ayah May di sepanjang film tak pernah diam.

Upayanya membuka pintu komunikasi dan mengalahkan rasa bersalah akan diingat penonton. Dan di tangan Ario, kebisuan itu berubah menjadi harapan yang kemudian ditularkan kepada orang lain.

 

Bangkitnya May

27 Steps of May (istimewa)

Tanpa ragu, 27 Steps of May salah satu film Indonesia terbaik tahun ini. Naskahnya merefleksikan isu-isu perempuan dalam bingkai keluarga yang tidak utuh. Para pemain film ini tampil gemilang tentu berkat arahan sutradara yang jeli. Film ini diakhiri dengan adegan sarat makna. May melangkah, melakukan sesuatu yang dinantikan banyak orang di sekitarnya. Ini bukan soal bagaimana tragedi bisa terjadi. Namun bagaimana perempuan menemukan dayanya kembali untuk bangkit. 

Adegan akhir film ini mengingatkan kami pada tagline film Rabbit Hole karya John Cameron Mitchell, tahun 2010, yang berbunyi: the only way out is through (satu-satunya jalan keluar adalah menghadapinya).

Raihaanun sangat layak dinominasikan untuk Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI tahun ini. Lukman pun pantas mendapat nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Pemain: Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, Verdi Solaiman

Produser: Wilza Lubis, Rayya Makarim, Ravi Bharwani

Sutradara: Ravi Bharwani

Penulis: Rayya Makarim

Produksi: Green Glow Pictures, Go Studio

Durasi: 112 menit

 

(Liputan6.com/ Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Mikhayla Anak Nia Ramadhani yang Raih 3 Medali Emas, Bikin Bangga

Posted: 03 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang tua, melihat tumbuh kembang sang buah hati merupakan momen yang tak dapat dilupakan. Terlebih lagi sang anak yang mampu mengukir prestasi dengan bakat dan kemampuan yang dimilikinya. Tak ada yang lebih bangga bagi orang tua selain melihat prestasi dari buah hatinya.

Barangkali itulah yang kini tengah dirasakan oleh Nia Ramadhani. Artis cantik ini kini tengah berbahagia dan diliputi rasa bangga karena anak sulungnya, Mikhayla Zalindra Bakrie berhasil mengukir prestasi luar biasa.

Mikhayla yang dikabarkan mengikuti kompetisi dalam perlombaan gimnastik internasional di Bangkok, Thailand berhasil meraih 3 medali emas dan 1 medali perak. Gimnastik adalah olahraga atletik yang mengutamakan kelenturan tubuh.

Olahraga atletik tersebut ternyata sudah lama dilakoni oleh Mikhayla. Dukungan Nia tentunya berdampak pada performa Mikhayla. Terbukti Mikhayla berhasil merebut 3 medali emas dan 1 medali perak dengan 4 pertandingan yang diikutinya, dikutip dari Kapanlagi.com, Sabtu (4/5/2019).

Keberhasilan Mikhayla meraih medali ditingkat internasional pun tak hanya membuat Nia Ramadhani bangga tetapi juga seluruh keluarga besarnya. Bahkan mertua Nia pun memberikan hadiah ketika Mikhayla berhasil raih medali. Aksi Mikhayla pun beberapa kali diunggah oleh Nia saat berada di Bangkok. Berikut 5 potret Mikhayla Zalindra Bakrie yang Liputan6.com rangkum dari akun Instagram Nia Ramadhani, Sabtu (4/5/2019).

1. Aksi Mikhayla saat mengikuti kompetisi di Bangkok.

Mikhayla Zalindra Bakrie (Sumber: Instagram/@ramadhaniabakrie)

2. Foto Mikhayla tampak serius saat berkompetisi ini diunggah oleh Nia di Instagram.

Mikhayla Zalindra Bakrie (Sumber: Instagram/@ramadhaniabakrie)

3. Ini saat Mikhayla tengah memperlihatkan bakatnya di kompetisi gimnastik 2019.

Mikhayla Zalindra Bakrie (Sumber: Instagram/@ramadhaniabakrie)

4. Mikhayla berhasil meraih medali emas.

Mikhayla Zalindra Bakrie (Sumber: Instagram/@ramadhaniabakrie)

5. Cantiknya Mikhayla bak putri kerajaan.

Mikhayla Zalindra Bakrie (Sumber: Instagram/@ramadhaniabakrie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu SUV untuk Mudik, Diskonnya Mencapai Rp30 Jutaan

Posted: 03 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mudik merupakan kegiatan tahunan masyarakat Indonesia, terutama bagi yang kerja di kota besar dan ingin melepas rindu di kampung halaman.

Salah satu alternatif kendaraan yang banyak digunakan untuk mudik ialah mobil. Memiliki beberapa keunggulan, penjualan kendaraan bermotor roda empat biasanya akan mengalami kenaikan karena banyak diburu jelang lebaran.

Berlangsung selama 11 hari, ajang otomotif Telkomsel IIMS 2019 menjadi kesempatan calon konsumen untuk mencari dan membandingkan berbagai model kendaraan yang ada di Indonesia.

Selama pameran yang berlangsung hingga 5 Mei mendatang, terdapat beragam diskon, salah satunya datang dari segmen SUV.

Salah satu tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Mitsubishi Pajero Sport mendapatkan diskon hingga Rp20 juta khusus pameran IIMS 2019. Tak hanya itu, terdapat juga beragam promo menarik lainnya.

"Khusus Pajero diskonnya itu bisa mencapai Rp20 jutaan. Ada juga tambahan khusus pameran yaitu gratis kaca film dan gratis biaya jasa hingga 50.000 km atau 4 tahun," kata tenaga penjual tersebut.

Selanjutnya

Selain itu, diskon juga datang dari Toyota Fortuner. Untuk angka, tenaga penjual Toyota menjelaskan besaran yang bisa didapatkan pengunjung mencapai Rp20 juta.

Terdapat juga promo lain bagi konsumen yang melakukan pembelian di IIMS 2019, yakni undian berhadiah Alphard, Fortuner dan Kijang Innova.

Selama pameran SUV andalan Chevrolet yakni Trailblazer mendapat potongan harga hingga Rp30 juta untuk produksi tahun 2018 dan Rp16 juta untuk model tahun 2019.

Mazda yang hadir dengan produk CX-5 selama pameran juga memberikan diskon. Besarannya sekitar Rp 18 juta dan promo lain selama pameran berlangsung, seperti Lucky Dip potongan harga hingga Rp 10 juta.

Ikut memeriahkan IIMS 2019, Hyundai juga memberikan potongan harga untuk produk Sante Fe. Masih terdapat pembuatan tahun 2018, varian XG mendapat potongan harga sebesar Rp15 juta.

Tak mau ketinggalan, Nissan juga hadir dengan Terra. Meski baru meluncur, mobil tersebut mendapatkan potongan harga hingga Rp20 juta hingga Rp 35 juta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Bucks Balas Curi Kemenangan di Kandang Celtics

Posted: 03 May 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Milwaukee Bucks berhasil membalas mencuri kemenangan di kandang Boston Celtics pada gim ketiga semifinal Wilayah Timur NBA. Bucks menang 123-116 di TD Garden, Sabtu (4/5/2019) pagi WIB.

Kemenangan ini membuat Bucks unggul 2-1 atas Celtics. Bucks sempat kecolongan sekali saat main di kandang. Gim keempat semifinal Wilayah Timur NBA masih akan digelar di kandang Celtics pada Selasa (7/5/2019) pekan depan. 

Celtics sebenarnya tampil baik di kuarter pertama. Pasukan Brad Stevens mampu unggul lima poin, 30-25 di kuarter pertama.

Bucks bangkit di kuarter dua. Mereka bisa memangkas jarak dan hanya tertinggal setengah poin saja dari Celtics.

Di kuarter tiga, Bucks mengamuk. Dimotori pemain cadangan George Hill, Bucks mampu melesakkan 40 poin berbanding 31. Bucks tak lagi terkejar di kuarter empat.

 

Giannis

Giannis Antetokounmpo menjadi bintang kemenangan Bucks. Pemain Yunani ini membuat 32 poin, 13 rebound dan delapan assists. Sedangkan Hill membuat 21 poin.

Di kubu Celtics, point guard Kyrie Irving sebenarnya juga sudah bermain gemilang dengan membuat 29 poin dan enam assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: