Senin, 13 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


FOTO: 40 Ribu Lentera Menyala di Pagoda Tam Chuc Vietnam

Posted: 13 May 2019 10:42 PM PDT

Para biksu Buddha berdoa saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Dalam acara ini umat Buddha berdoa bagi dunia yang damai. (Nhac NGUYEN/AFP)

Para biksu Buddha berdoa saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Dalam acara ini umat Buddha berdoa bagi dunia yang damai. (Nhac NGUYEN/AFP)

Umat Buddha meletakkan lentera saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Pagoda Tam Chuc menyelenggarakan Perayaan Besar Waisak PBB tahun 2019. (Nhac NGUYEN/AFP)

Umat Buddha meletakkan lentera saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Pagoda Tam Chuc menyelenggarakan Perayaan Besar Waisak PBB tahun 2019. (Nhac NGUYEN/AFP)

Umat Buddha berdoa saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Sebanyak 40 ribu lentera dinyalakan dalam acara ini. (Nhac NGUYEN/AFP)

Umat Buddha berdoa saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Sebanyak 40 ribu lentera dinyalakan dalam acara ini. (Nhac NGUYEN/AFP)

Umat Buddha melepaskan lentera di sebuah kolam saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Dalam acara ini umat Buddha berdoa bagi dunia yang damai. (Nhac NGUYEN/AFP)

Umat Buddha melepaskan lentera di sebuah kolam saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Dalam acara ini umat Buddha berdoa bagi dunia yang damai. (Nhac NGUYEN/AFP)

Para biksu Buddha  memanjatkan doa saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Pagoda Tam Chuc menyelenggarakan Perayaan Besar Waisak PBB tahun 2019. (Nhac NGUYEN/AFP)

Para biksu Buddha memanjatkan doa saat upacara jelang perayaan Hari Waisak di Pagoda Tam Chuc, Provinsi Ha Nam, Vietnam, Senin (13/5/2019). Pagoda Tam Chuc menyelenggarakan Perayaan Besar Waisak PBB tahun 2019. (Nhac NGUYEN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Daftar Destinasi Wisata Hong Kong Terekomendasi

Posted: 13 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hong Kong menjadi negara yang paling banyak diminati para wisatawan karena penuh dengan energi kegembiraan. Tak sedikit wisatawan menyebut bahwa Hong Kong cocok menjadi destinasi liburan bagi keluarga karena terdapat tempat yang mengesankan dan sempurna.

Hal menarik lain dari Hong Kong adalah adanya perpaduan sempurna antara budaya tradisional dan modern. Nah kira-kira jika kamu mau berlibur ke Hong Kong, sudah tahu mengunjungi destinasi mana saja?

Jika belum ada gambaran mau eksplor tempat mana di Hong Kong, ada baiknya kamu simak 15 rekomendasi destinasi berikut ini yuk:

1. Hong Kong Disneyland

Menjelajahi Disneyland.

This is the happiest place on the earth! Terbukti dari banyaknya wisatawan seluruh dunia yang datang ke Hong Kong. Ya, banyak banget tempat yang bisa jelajahi di Disneyland. Di sini bukan hanya bisa melihat langsung karakter Disney yang menggemaskan, kamu dan keluarga bisa berpetualang melawan artificial intelligence jahat Arnim Zola dan sekawanan robot Hydra. Ya, atraksi teranyar dari Marvel ini dihadirkan dengan jalan cerita menarik, visual apik, serta pengaturan yang memikat.

2. Ngong Ping

Lebih populer dengan nama Ngong Ping 360. Ya, ini merupakan wahana kereta gantung dengan jalur terpanjang di Asia. Ada dua jenis kabin cable car atau kereta gantung, standar dan kristal. Jika kamu ingin merasakan 'terbang di awan' selama 25 menit, coba naik kabin krsital yang transparan di setiap sisinya.

 

Ngong Ping 360.

Dari titik naik, kamu akan tiba di Ngong Ping Village. Di sini kamu akan melihat patung Buddha duduk terbesar di dunia, Tia Tan Budha (Big Buddha). Keindahan Ngong Ping 360 derajat dan pemandangan Laut China Selatan bisa dilihat dari area ini. 

Ocean Park.

Tempat ini cocok untuk anak dan orang dewasa karena memberikan pengalaman one stop edutainment. Salah satunya adalah mengedukasi tentang konservasi alam, dan biota laut.  Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa menikmati konsep 'rumah' masa depan terbarukan di Hong Kong Ocean Park Marriott Hotel. Hotel ini terintegrasi langsung dengan Ocean Park. Jadi, jika mau merasakan teknologi ramah lingkungan, kamu dan keluarga bisa bisa menginap di hotel ini.

3. Sky100

Sudah siap naik lift super cepat hingga sampai ke lantai 100 hanya dengan kecepatan satu menit? Jika sudah siap atau penasaran mau mencobanya, langsung saja gedung international commerce centre (ICC) dan naik lift tercepat di Asia dan satu-satunya lift double-decker di dunia.

Sky 100 memiliki lift tercepat di Asia dan menawarkan pemandangan luar biasa.

Gedung tertinggi di Hong Kong ini menawarkan pemandangan kota dari angkasa di Sky 100. Sesampainya di Sky 100, panorama 360 Hong Kong terlihat jelas. Di sini para pengunjung bisa menantang adrenalin dengan menjajal fasilitas Virtual Reality (VR).

5. Avenue of Stars

The Avenue of Stars, Hollywood-nya kawasan Timur.

The Avenue of Stars adalah area yang menyerupai Hollywood Walk of Frame dan banyak didatangi para wisatawan. Tempat ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan pada nama-nama yang berperan dalam menjadikan Hong Kong sebagai Hollywood-nya kawasan Timur. Lantaran lokasinya di Jalan Victoria Harbour, jadi kamu bisa menikmati tempat ini sambil melihat kemegahan Pelabuhan Victoria dan cakrawala kota Hong Kong.

6. Star Ferry

Saat berada di Avenue of Star, pasti kamu akan sering melihat Star Ferry di laut. Ya, kapal itu bisa dibilang adalah legenda karena Star Ferry bukan kapal transportasi umum. Star Ferry sudah beroperasi sejak 1888 untuk melayani penyeberangan.

Star Ferry, kapal yang melegenda yang berhasil menarik perhatian wisatawan.

Dengan harga yang terbilang murah, kamu bahkan bisa menikmati Hong Kong dengan cara berbeda. Star Ferry beroprasi dari jam setengah tujuh pagi sampai jam setengah 12 malam, dengan jadwal penyeberangan tiap 15 menit sekali.

7. Ding Ding Tram

Transportasi Hong Kong yang menarik untuk dicoba.

Hong Kong memiliki transportasi beranam tram atau populernya Ding Ding dengan bentuk seperti bus tingkat, berjendela besar dan terbuka lebar. Ding Ding Tram menjadi salah satu ikon Hong Kong yang mampu mengangkut lebih dari 200 penumpang setiap harinya.

8. Ladies Market

Mulai dari perabot rumah tangga sampai mainan anak ada di Ladies Market.

Penggemar belanja dan suka dengan aktivitas tawar menawar? Cocok! Segera datang ke Ladies Market yang menawarkan barang-barang wanita, mulai dari pakaian hingga aksesoris. Bahkan perabot rumah tangga juga ada di sini lho. Tak jauh dari Ladies Market, kamu bisa datang ke Temple Street yang buka di malam hari. Di pasar ini, kamu bisa memilih barang antik lho. 

Mau mencari mainan anak? Kamu bisa datang ke Sham Shui Po. Ini adalah pasar yang menyajikan berbagai kebutuhan segala usia. Misalnya kamu mencari mainan, seperti action figur atau mainan grosir anak lainnya. Selain di Sham Shui Po, kamu juga bisa menuju ke Street Sneakers di Fa Yuen Street. Di sini banyak banget para pemuda Hong Kong atau pecinta sneakers berburu sepatu limited edition dari seluruh dunia.  Daerah ini dikenal dengan sebutan Toy Street dan Street Sneakers yang gemar dikunjungi oleh para wisatawan.

9. Fabric Street

Lokasi ini adalah Tanah Abang-nya Jakarta.

Lokasinya ada di Sham Shui Po. Fabric Street yang menawarkan kain atau baju dengan kualitas beragam. Bagi umat Muslim, tempat ini cocok untuk disambangi karena kamu bisa mendapatkan busana muslim dengan kualitas terbaik, tapi harga yang ditawarkan terjangkau. Bisa dibilang ini adalah Tanah Abang-nya Jakarta karena menawarkan pakaian dengan harga murah dan berkualitas bagus.

10. Chrisly Inn

Ini adalah restoran dan bakery bersertifikat halal di Hong Kong. Tempat yang dibangun sejak 2016 ini cocok menjadi destinasi wisata halal bagi kaum muslim. Salah satu menu favorit adalah egg tart.

Destinasi wisata halal.

11. Makanan Halal di Restoran Bersertifikasi Halal

Dim sum, salah satu menu makanan halal di Hong Kong.

Letaknya ada di Islamic Centre, sebuah gedung pusat kajian sekaligus masjid. Kantin yang terletak di lantai lima ini menyajikan makanan dimsum. Satu porsi berisi tiga sampai empat potong.

12. Halal Roast Delight

Salah satu menu di Wai Kee.

Wai Kee adalah konter halal sederhana yang menjual nasi bebek panggang. Wai Kee buka dari jam 11 siang sampai enam sore, dan banyak turis muslim dari seluruh dunia datang ke tempat ini, untuk merasakan tekstur lembut daging bebek panggang.

13. Mural

Tempat Instagramable di Hong Kong.

Ini adalah spot kekinian yang menjadi sarana mengais inspirasi bagi pecinta seni jalanan. Sesampainya di  Sai Yin Pun Art Lane kamu mata akan dimajakan dengan beragam mural berwarna-warni. Kamu juga bisa mengabadikan momen di tempat yang Instagramable ini.

14. Opera China

Opera China, Seni pertunjukan kelas dunia.

Bagi para pecinta teater, cobalah datang ke Xi Qu Centre yang menawarkan bentuk teater tradisional Tiongkok (Xi Qu) menjadi pertunjukan kelas dunia.

Rencanakan segera liburanmu ke Hong Kong melalui penawaran menarik yang dapat ditemukan pada Singapore Airlines Deal ini! Pesan sekarang untuk langsung menjelajahi dan berpengalaman ke 15 destinasi tersebut!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bilal, A New Breed of Hero: Animasi Tentang Kesetaraan Hak dan Standar Pria Sejati

Posted: 13 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Diproduksi pada 2015, film Bilal A New Breed Of Hero diperkenalkan ke sejumlah negara Islam seperti Bahrain, Qatar, dan Uni Emirat Arab setahun kemudian. Film Bilal A New Breed of Hero kemudian menyapa Amerika Serikat Februari tahun lalu. Pekan ini, giliran Indonesia yang dilawat Bilal.

Jalan panjang Bilal A New Breed of Hero untuk keliling dunia tak sia-sia. Sejumlah pecinta film di Amerika Serikat memuji kualitas penceritaan dan teknik animasi yang terasa lembut di layar. Ada pula yang menyebut, meski visualisasinya kurang konsisten, ceritanya tidak membosankan dan menginspirasi. 

Kisah Bilal A New Breed of Hero bertumpu pada kehidupan seorang budak bernama Bilal (Adewale) yang bekerja pada Tuan Umayya (Ian). Umayya memiliki seorang anak laki-laki bernama Safwan (Mick) yang rajin berlatih memanah dan bermain pedang.

Di zaman itu, budak boleh diperlakukan seenaknya. Suatu siang, Safwan hendak memanah adik Bilal, Ghufaira (Cynthia). Sadar adiknya dalam bahaya, Bilal nekat melawan. Akibatnya, ia dihukum cambuk.

 

 

 

Tema Berat

Film Bilal A New Breed Of Hero

Saat perbudakan makin menjadi dan penyembahan berhala kian marak, muncul ajaran baru tentang kesetaraan dan persamaan hak. Ajaran ini mendapat dukungan para tokoh masyarakat di antaranya, Raja Saudagar Al Saddiq (Thomas) dan Hamza (Dave). Ajaran yang juga mengajak masyarakat menyembah satu Tuhan itu mengancam bisnis produksi berhala milik Umayya. Konflik dan perang pun tak terhindarkan. 

Tema yang diusung Bilal A New Breed of Hero sebenarnya berat. Sejarah perbudakan, hak asasi manusia, kesetaraan, agama versus berhala, cinta kasih dan perang saudara. Format animasi yang notabene menyasar segmen semua umur, membuat ruang gerak film ini kian terbatas. Adegan perang seperti menebas lawan dengan pedang atau terpelanting dari kuda tak mungkin disajikan secara vulgar. 

Sineas Khurram H. Alavi dan Ayman Jamal tak kurang akal. Cerita yang berat dan kompleks disederhanakan dengan menitikberatkan pada hubungan tokoh utama bersama adiknya. Dialog-dialog penting serta pesan universal muncul lewat momen Bilal dengan ibunya. Pendek kata, kisah perang, sejarah kakbah, dan penyeru azan pertama ini berporos pada keluarga.

 

 

Keunggulan Lain

Film Bilal A New Breed Of Hero

Keunggulan lain Bilal A New Breed of Hero terletak pada adegan perang yang digambarkan megah, detail, tanpa darah. Kita melihat perisai, baju zirah, penutup kepala, tombak, pedang, dan kuda. Namun saat pedang ditusukkan kepada lawan, gambar yang muncul adalah tubuh yang rebah. Kamera menyorot dari kepala sampai dada berikut patung berhala yang patah. 

Layaknya film animasi, Bilal A New Breed of Hero kaya akan dialog-dialog penghangat hati. Salah satu adegan yang membuat mata kami berkaca, saat Bilal dinasihati ibunya, "Pedang tak akan membuatmu menjadi pejuang hebat. Pria yang hebat adalah yang hidup tanpa belenggu. Bukan belenggu rantai melainkan belenggu yang ada di hati. Jika hatimu masih dibelenggu amarah dan dendam, kau tidak akan pernah bebas dan menjadi pria hebat." 

Dengan ritme cerita yang bergerak dinamis, film ini jauh dari kesan berbelit. Bilal A New Breed of Hero jelas bukan biografi yang utuh, namun cukup memberi kita gambaran tentang wajah Makkah berabad-abad silam dan menetapkan standar baru bagaimana pria sejati semestinya bersikap. Ditayangkan saat Ramadan, film ini menjadi pilihan tepat untuk Anda yang butuh pencerahan tapi ogah mendengar kotbah.

(Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Genjot IKM Komponen Otomotif Terapkan Industri 4.0

Posted: 13 May 2019 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengajak pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di sektor industri komponen otomotif lokal untuk mulai mengimplementasikan industri 4.0.

Hal ini guna mendorong produk komponen otomotif Indonesia menembus pasar ekspor. Direktur Jenderal IKM dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan daya saing IKM di era industri 4.0 khususnya IKM komponen otomotif melalui program pembinaan dan pengembangan SDM dan teknologi.

"Kami kenalkan lebih dalam terkait tools Internet of Things (IOT) dan Enterprise Resource Planning (ERP) serta akan dibantu dalam menentukan tools yang tepat sebagai prioritas untuk diterapkan dalam proses produksinya," ujar dia di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Gati menuturkan, keberadaan IKM komponen otomotif dalam rantai pasok industri otomotif nasional memiliki peran strategis ebagai suplier yang memproduksi komponen maupun aksesoris mobil dan motor. Produk dari IKM ini juga telah memenuhi standar kualitas APM. 

"IKM juga telah membuktikan kemampuannya dalam berinovasi dan melakukan pengembangan produk untuk dapat diserap APM," kata dia.

Kemenperin mencatat, pada 2018, produksi kendaraan roda empat atau lebih mencapai angka 1,34 juta unit, dengan total unit penjualan di dalam negeri sebesar 1,15 juta unit. 

Saat ini, tercatat jumlah IKM Komponen Otomotif sebanyak 450 unit usaha yang tersebar di 3 sentra produksi IKM Logam yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Agar industri otomotif semakin kompetitif, maka tingkat komponen dalam negeri perlu ditingkatkan. Hal ini akan membuka peluang lebih luas bagi IKM untuk mengisinya, terlebih apabila didukung dengan peningkatan produktivitas melalui implementasi industri 4.0 dalam menunjang proses produksi," ‎tandas dia.

 

Sektor Otomotif Jadi Andalan Wujudkan Industri 4.0

Pengunjung memadati ruang pamer pada pembukaan The 19th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada hari pertama pembukaan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4). Pameran industri otomotif tersebut berlangsung 25 April - 5 Mei 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto mengatakan industri otomotif nasional saat ini jadi sektor andalan dalam roadmap Making Indonesia 4.0.

Dia menargetkan, pada 2030, Indonesia dapat menjadi basis produksi kendaraan bermotor Internal Combustion Engine (ICE) maupun Electrified Vehicle untuk pasar domestik maupun ekspor.

"Tentunya dengan didukung oleh kemampuan industri dalam negeri dalam memproduksi bahan baku dan komponen utama serta optimalisasi produktivitas sepanjang rantai nilai industri tersebut," kata Airlangga dalam pembukaan IIMS 2019, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 25 April 2019.

Dia mengungkapkan, dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, pemerintah menargetkan pada 2025 sebesar 20 persen dari total produksi kendaraan baru di Indonesia sudah berteknologi ramah lingkungan.

"Sehingga dapat mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk dapat menurunkan emisi gas rumah kaca (CO2) sebesar 29 persen pada tahun 2030 tanpa bantuan internasional, sekaligus menjaga kemandirian energi nasional," ujar dia.

Sesuai dengan roadmap tersebut, Menperin mengatakan pemerintah juga telah mempersiapkan program pengembangan kendaraan emisi karbon rendah atau Program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

"Program ini terdiri dari 3 sub program yaitu Kendaran Hemat Energi Harga Terjangkau (LCGC), Electrified Vehicle dan Flexy Engine," ujar dia.

 

Penerapan Industri 4.0 Tekan Biaya Produksi hingga 40 Persen

Revolusi Industri 4.0. Dok: engineersjournal.ie

Sebelumnya, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi S Lukman mengatakan bahwa penggunaan teknologi 4.0 bakal memberikan sejumlah manfaat, termasuk menekan biaya produksi.

"Mereka (para pelaku usaha Mamin) bilang biaya produksi bisa turun 30-40 persen dengan menerapkan industri 4.0," kata dia, di acara acara Indonesia Industrial Summit 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 16 April 2019.

Sejauh ini, kata Adhi, sejumlah industri mamin, terutama industri berskala besar sudah mulai memanfaatkan teknologi 4.0. "Untuk perusahaan besar tidak masalah, tapi perusahaan yang kecil menengah. Untuk itu saya mendorong pemerintah ikut membantu bagaimana memikirkan modal, karena ujung-ujungnya daya saing kita harus meningkat. Itu yang paling penting," urai Adhi.

"Industri mamin besar memang lebih mudah tapi saya mendorong yang kecil pun juga ikut. Karena 4.0 ini bukan monopoli industri besar, jadi industri kecil pun bisa menerapkan ini asal ada kemauan," imbuh dia.

Dia pun menyebutkan bahwa selama ini industri-industri besar pun turut melaksanakan pelatihan bagi industri kecil menengah untuk memanfaatkan teknologi dalam menjalankan usaha.

"Industri besar ternyata membuka diri, kita sudah banyak membuka training-training di lokasi industri besar. Itu kita apresiasi karena mereka bukan hanya jalan sendiri, tapi terbuka bagaimama yang menengah dan kecil ini mau belajar ke sana," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Dagang Bikin IHSG Merosot 79,12 Poin

Posted: 13 May 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertahan di zona merah selama sesi pertama perdagangan saham Selasa pekan ini.

Sentimen eksternal terutama ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang meningkat menekan laju IHSG.

Pada penutupan perdagangan saham, Selasa (14/5/2019), IHSG merosot 79,12 poin atau 1,29 persen ke posisi 6.056,27. Level tersebut terendah sejak 30 November 2018. Indeks saham LQ45 melemah 1,49 persen ke posisi 946,58. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Sebanyak 261 saham melemah sehingga menekan laju IHSG. 120 saham diam di tempat dan 89 saham menguat. Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.090,69 dan terendah 6.033,61.

Total frekuensi perdagangan saham 240.340 kali dengan volume perdagangan 9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4 triliun. Investor asing beli saham Rp 496,69 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.450.

10 sektor saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. Sektor saham industri dasar susut 2,42 persen, dan catatkan penurunan terbesar. Disusul sektor manufaktur merosot 1,63 persen dan sektor saham pertanian turun 1,51 persen.

Saham-saham yang catatkan penguatan di tengah tekanan IHSG antara lain saham POSA naik 24,68 persen ke posisi Rp 394 per saham, saham APEX naik 21,64 persen ke posisi Rp 815 per saham, dan saham FIRE mendaki 19,71 persen ke posisi Rp 8.200 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham VINS merosot 18,75 persen ke posisi Rp 104 per saham, saham KBLV terpangkas 16,28 persen ke posisi Rp 360 per saham, dan saham TBIG susut 9,19 persen ke posisi Rp 3.260 per saham.

Bursa saham Asia sebagian besar terpangkas kecuali indeks saham Shanghai naik 0,10 persen. Indeks saham Hong Kong Hang Seng merosot 1,35 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi turun 0,02 persen.

Selain itu, indeks saham Jepang Nikkei tergelincir 0,65 persen, indeks saham Thailand melemah 0,38 persen, indeks saham Singapura merosot 0,85 persen dan indeks saham Taiwan susut 0,42 persen.

 

Kata Analis

Layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Analis PT Binartha Sekuritas, Nafan Aji menuturkan, masih minimnya sentimen positif dari domestik serta meningkatnya sentimen negatif dari perang dagang antara AS dengan China turut memberikan efek kepada pelemahan IHSG.

Selain itu, ia menilai, kalau tekanan IHSG masih wajar ini mengingat berlakunya pepatah sell in may and go away.

Nafan menuturkan, kondisi saat ini dapat mendorong pelaku pasar untuk akumulasi beli dengan catatan bila sentimen positif tiba. Ia prediksi, IHSG dapat kembali positif dengan didukung stabilitas fundamental domestik yang inklusif dan berkesinambungan.

"Secara teknikal, IHSG sudah sangat oversold," kata Nafan.

Ia menambahkan, pelaku pasar juga menanti rilis data neraca perdagangan April 2019. Bila hasilnya di atas konsensus pasar akan menjadi sentimen positif untuk IHSG. Adapun untuk sektor saham pilihannya antara lain sektor saham tambang, aneka industri, konsumer, properti, infrastruktur, keuangan dan jasa yang dapat dicermati pelaku pasar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Normal Berlaku, Pengguna MRT Tetap Tinggi

Posted: 13 May 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Sri Haryati menilai, penetapan tarif normal MRT tidak menyurutkan minat masyarakat untuk tetap moda transportasi berbasis rel tersebut. Bahkan, jumlah pengguna justru melebih target yang ditetapkan. 

"Kita dapat laporan bagus. Kabar gembira pagi ini, jumlah (pengguna) MRT Senin kemarin hari pertama penetapan tarif 100 persen 77.696 orang, itu oke dong. Target kita 65.000 di tahun ini," tutur Sri di Balai Kota, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Menurutnya, penetapan tarif normal MRT telah diterima dengan cukup baik. Namun, pihaknya tetap terbuka akan usulan tarif, khususnya tarif pelajar.

Sri mengatakan, usulan tarif pelajar tersebut akan dibahas kembali. Sebab, evaluasi akan tarif memang selalu dilakukan untuk memastikan kepuasan masyarakat.

"Kita lihat. Kalau ada usulan masyarakat gak bisa langsung. Nanti kita cari. Nanti ada pelajar, nanti menggembirakan lah. Antusiasme masyarakat sangat baik," ia mengakhiri.

Tarif Normal Sejak Senin

PT MRT Jakarta mulai mengenakan tarif normal MRT Jakarta pada Senin kemarin, setelah memberikan diskon sebesar 50 persen sejak mulai beroperasi pada Maret lalu.

Kembalinya tarif MRT Jakarta ke harga normal ini atau tidak diberikannya diskon 50 persen ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

"Tarif minimal MRT Jakarta adalah sebesar Rp 3.000 dan tarif maksimal MRT Jakarta sebesar Rp 14.000," jelas Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin, seperti dikutip pada Senin (13/5/2019).

Dengan adanya pemberlakuan tarif normal ini tentu tak akan mengesampingkan layanan. Saat ini layanan MRT Jakarta sudah cukup handal karena 16 Ratangga sudah beroperasi dengan headway 5 menit pada jam sibuk.

Ketepatan waktu pada pengoperasian sepanjang April kemarin mencapai 99,8 persen, dan semakin banyak stasiun yang terintegrasi dengan dengan Transjakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pochettino Ingin Hengkang, Tottenham Tetap Fokus Hadapi Final Liga Champions

Posted: 13 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Hugo Lloris mengungkapkan seluruh fokus Tottenham tak terganggu jelang final Liga Champions awal bulan depan. Hal ini terkait masa depan manajer, Mauricio Pochettino yang belum jelas.

Pochettino kembali mengeluarkan pernyataan mengejutkan pekan kemarin. Ia memberi sinyal bahwa laga final Liga Champions kemungkinan bakal menjadi laga terakhir bersama Tottenham.

Ia beralasan ingin melihat Tottenham terus maju di masa mendatang. Dan semua itu bisa dilakukan dengan mengganti manajer.

"Fokus para pemain hanya untuk laga final. Ini laga penting dan kami akan melakukan segalanya untuk menang," kata Lloris seperti dilansir Evening Standard.

"Tentu kami semua menghormati keputusan manajer. Tetapi untuk sekarang kami ingin beristirahat dan bersiap untuk final Liga Champions melawan Liverpool," katanya menambahkan.

 

 

Sudah Kenal Lama

Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris berbincang dengan Pelatih Mauricio Pochettino selama latihan tim di Amsterdam, Belanda  (7/5/2019). Pada leg pertama Tottenham takluk 0-1 atas Ajax di Tottenham Hotspur Stadium. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Lloris juga tak yakin Pochettino bakal meninggalkan Tottenham dalam waktu dekat. Ia justru melihat Pochettino masih sosok yang tepat membawa Spurs berprestasi.

"Saya sudah mengenalnya lima tahun. Dia orang yang ambisius dan perkataannya hanya ditujukan pada Direksi bukan kami," kata Lloris.

"Yang jelas kami sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini. Apa yang dicapai Tottenham sekarang tidak lepas dari peran Pochettino."

Jadwal Final

Jadwal final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019

02.00 WIB

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Venue: Wanda Metropolitano, Madrid

Live di RCTI

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Trump Gelar Buka Puasa Bersama di Gedung Putih

Posted: 13 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden AS, Donald Trump menggelar acara buka puasa disertai jamuan makan malam di Gedung Putih. Dalam acara ini hadir duta besar negara yang berpenduduk mayoritas muslim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

CEO Apple: Anak-Anak dan Remaja Harus Belajar Coding Sedari Dini

Posted: 13 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya sekolah mengajarkan pelajaran dasar seperti IPA, IPS dan bahasa pada muridnya. Namun, CEO Apple, Tim Cook, berpendapat kalau materi coding juga harus menjadi pelajaran dasar dan diajarkan pada anak-anak dan remaja.

Cook mengatakan, jika anak-anak dan remaja sudah mendapatkan pelajaran dasar coding, maka program kuliah yang berhubungan dengan hal ini tidak perlu diadakan lagi.

Hal tersebut dikatakannya saat bertemu dengan Liam Rosenfeld, remaja berusia 16 tahun yang mendapatkan beasiswa Apple WWDC bulan depan, seperti yang dilansir dari Ubergizmo, Selasa (14/5/2019).

Cook menjadikan Rosenfeld sebagai contoh, kalau anak-anak diajarkan coding sejak dini, skillnya bakal menyamai bahkan lebih baik dari orang dewasa yang baru belajar coding di perguruan tinggi.

"Saya berpikir, program kuliah coding tidak bakal membuat orang jadi benar-benar menguasai bidang ini. Itu kuno. Coding harus diajarkan pada anak-anak sedini mungkin. Liam contohnya, di umur yang masih muda sudah bisa membuat aplikasi yang bisa dijual di App Store," ujar Cook.

Namun, bukan berarti program kuliah itu tidak penting. Cook menyarankan, kalau proses belajar coding dimulai dari anak masih belia, maka penyerapan informasinya bakal lebih efisien.

Apple sendiri sebelumnya sudah mendorong anak-anak untuk belajar coding, seperti meluncurkan Swift Playgrounds, yang mengajarkan anak-anak tentang dasar-dasar coding.

Komputer Apple Pertama Dilelang Rp 93 miliar, Apa Istimewanya?

Apple-1, Komputer Apple pertama dilelang. Sumber: Geek

Pernah terbayang bagaimana wujud komputer Apple yang pertama? Bagi penggemar gadget keluaran raksasa teknologi yang didirikan Steve Jobs, komputer pertama ini pasti menarik perhatian.

Komputer pertama Apple, atau yang disebut Apple-1 dihargai USD 666 atau sekitar Rp 9,5 juta (Kurs 1 Dolar = Rp 14.400) saat pertama kali dirilis yaitu pada 1976. 

Sekarang, Apple-1 kabarnya dilelang dengan harga antara USD 389 ribu hingga USD 649 ribu atau sekitar Rp 56 hingga Rp 93 miliar.

Dilansir dari Geek, Selasa (14/5/2019), rumah lelang Christie menawarkan sampel komputer Apple-1 yang sangat langka, lengkap dengan motherboard-nya pada 16 Mei hingga 23 Mei mendatang, sebagai bagian dari penjualan bertema On the Shoulders of Giants: Making the Modern World.

Komputer Apple ini dirakit dengan tangan pada 1976 yang dianggap sebagai salah satu unit asli yang dijual di toko komputer Byte Shop di Mountain View, California. 

RAMnya 8KB

Apple-1, Komputer Apple pertama dilelang. Sumber: Geek

Apple-1 dilengkapi dengan microprosessor MOS Technologies 6502 berwarna putih keramik yang dipilih langsung oleh Steve Wozniak, salah seorang penemu tersohor asal Amerika.

Kinerjanya juga ditopang RAM 8KB yang dipisah menjadi 2 buah ship RAM 4KB dan dua Triad power supply.

Motherboardnya, yang dilabeli sebagai "Apple Computer 1 Palo Alto Ca. Copyright 1976" akan disimpan dalam koper khusus lengkap dengan buku manualnya yang juga sangat langka, diterbitkan oleh Apple Computer Company tentunya.

Menurut rumah lelang Christie, Apple-1 hanya diproduksi sebanyak 200 unit dan dipasarkan seharga USD 666,66. Harganya juga sempat turun menjadi USD 475 pada tahun 1977. Kemudian, saat Apple-II diluncurkan pada 10 Juni 1977, unit ini tidak lagi dipasarkan.

Setelah Steve Jobs dan Steve Wozniak secara resmi menghentikan produksi Apple-1 pada Oktober 1977, mereka menawarkan diskon dan tukar tambah untuk menghabiskan stok produk.

Saat ini, hanya ada 15 unit Apple-1 yang disimpan untuk koleksi publik, termasuk di Museum Seni Smithsonian dan 12 museum teknologi dan sains yang tersebar di seluruh dunia.

(Tik/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denny Sumargo Ngaku Pernah Diajak Pacaran Sesama Jenis

Posted: 13 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Denny Sumargo kembali mengungkap sebuah fakta mengejutkan terkait masalah asmara. Tahun lalu, ia gagal menikah dengan mantan tunangannya, Dita Soedarjo. Tak hanya itu saja, beberapa waktu lalu Denny Sumargo juga sempat dituduh telah menghamili DJ Verny namun tidak bertanggung jawab. 

Kali ini, fakta lain dari Denny Sumargo kembali membuat geger warganet. Denny Sumargo menceritakan sebuah pengalaman berkaitan dengan wanita, melalui unggahan di Instagramnya.

Denny Sumargo mengaku tidak percaya diri setiap kali berhadapan dengan wanita. Untuk membangun percaya dirinya, Denny Sumargo pun mulai membentuk tubuhnya dengan berolahraga.

"Dulu gw ga pede ama cewe .. Salah satu cara gw bangun percaya diri adalah olahraga," tulis Denny Sumargo pada Senin (13/5/2019).

 

Menarik Perhatian

Denny Sumargo

Maksud hati memikat wanita, yang terjadi justru sebaliknya. Hasil dari rutin berolahraga itu Denny Sumargo justru malah menarik hati sesama jenisnya, sampai-sampai ia dinyatakan cinta oleh pria. 

"dan setelah rutin olahraga Gw ditembak cowo *oksip👍🏻," lanjut Denny Sumargo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Seungri Eks BIGBANG Resmi Ditahan

Posted: 13 May 2019 10:27 PM PDT

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri mendatangi Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Seungri datang untuk menghadiri persidangan atas surat perintah penangkapannya terkait kasus penyedia layanan seksual dan penggelapan dana. (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri mendatangi Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Seungri datang untuk menghadiri persidangan atas surat perintah penangkapannya terkait kasus penyedia layanan seksual dan penggelapan dana. (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri tiba untuk menghadiri persidangan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Sidang pemeriksaan itu untuk memutuskan perlu tidaknya surat penahanan terhadap Seungri terkait kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (AP/Lee Jin-man)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri tiba untuk menghadiri persidangan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Sidang pemeriksaan itu untuk memutuskan perlu tidaknya surat penahanan terhadap Seungri terkait kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (AP/Lee Jin-man)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri tiba untuk menghadiri persidangan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Sidang pemeriksaan itu untuk memutuskan perlu tidaknya surat penahanan terhadap Seungri terkait kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri tiba untuk menghadiri persidangan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Sidang pemeriksaan itu untuk memutuskan perlu tidaknya surat penahanan terhadap Seungri terkait kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri ditahan seusai menghadiri sidang pemeriksaan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Seungri resmi ditahan atas tuduhan kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri ditahan seusai menghadiri sidang pemeriksaan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Seungri resmi ditahan atas tuduhan kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri ditahan seusai menghadiri sidang pemeriksaan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Seungri resmi ditahan atas tuduhan kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (Ed JONES / AFP)

Mantan anggota boyband BIGBANG, Seungri ditahan seusai menghadiri sidang pemeriksaan di Pengadilan Distrik Pusat Seoul, Selasa (14/5/2019). Seungri resmi ditahan atas tuduhan kasus penggelapan dan prostitusi (mucikari). (Ed JONES / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teror Panah Maut Gegerkan Warga Jerman, 5 Orang Tewas

Posted: 13 May 2019 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Wittingen - Polisi Jerman yang menyelidiki kematian tiga orang akibat tembakan busur panah silang (crossbow) di sebuah hotel di wilayah Bavaria, melaporkan penemuan dua jasad perempuan dengan kasus serupa di sebuah apartemen, yang berjarak sekitar 643 kilometer jauhnya dari lokasi pertama.

Apartemen di Kota Wittingen itu sempat ditempati oleh seorang perempuan berusia 30, yang merupakan salah satu dari tiga korban di hotel Bavaria, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa (14/5/2019).

Dua korban tewas lainnya adalah seorang laki-laki dan perempuan, yang ditemukan tidak bernyawa di atas ranjang hotel seraya bergandengan tangan. Beberapa anak panah dilaporkan tertancap pada kedua tubuh mereka.

Hotel yang menjadi lokasi teror panah crossbow itu berlokasi di sebuah pedesaan di pinggir kota Passau, Jerman.

Tidak ditemukan tanda-tanda pertengkaran dalam insiden misterius itu. Polisi Jerman juga melaporkan belum ada barang bukti yang mengarah pada seseorang.

Kelima korban tewas diidentifikasi sebagai warga negara Jerman.

Pasangan yang ditemukan tewas di atas ranjang adalah seorang laki-laki berusia 53 tahun dan seorang perempuan berusia 33 tahun, keduanya dari negara bagian Rhineland-Palatinate.

Surat kabar Jerman Merkur melaporkan bahwa pasangan tersebut memiliki beberapa panah tertancap di tubuh mereka, di mana dua di antaranya menembus kepala laki-laki itu.

Sementara seorang koban lainnya, perempuan berusia 30, ditemukan tewas dalam genangan darah di lantai kamar hotel terait, dengan anak panah menancap di dadanya.

Hubungan Antara Korban Belum Jelas

Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Dua korban tewas terbaru akibat tembakan panah ditemukan pada Senin 13 Mei, ketika polisi Jerman tengah menyelidiki kasus serupa di kamar hotel Bavaria.

Hubungan antara seluruh korban tewas masih belum jelas. Namun, tiga orang yang ditemukan tewas pertama kali, diketahui telah memesan kamar hotel dengan tempat tidur ganda dan tunggal selama tiga malam. Mereka masuk pada hari Jumat, tanpa memesan sarapan pagi.

Hotel yang menjadi lokasi teror panah crossbow itu berada di tepi Sungai Ilz, tidak jauh dari pusat kota Passau, sekitar 650 kilometer di selatan Wittingen.

Crossbow dapat menembakkan anak panah dengan busur yang dioperasikan seperti popor senapan. Senjata itu kerap digunakan oleh masyarakat Eropa dahulu kala. Namun, kini penggunaannya telah dilarang di sebagian besar Benua Biru, termasuk Jerman.

Sementara itu, hasil otopsi pertama terhadap seluruh korban diperkirakan selesai sebelum akhir pekan ini.

Referensi Panah Besi

Ilustrasi (AP PHOTO)

Polisi setempat telah menyita sebuah truk warna putih, yang diparkir di luar hotel, di mana tertempel stiker yang merujuk pada sebuah klub berburu.

Truk tersebut terdaftar di kota Westerwald, negara bagian Rhineland-Palatinate.

Media Jerman mengatakan satu stiker memiliki huruf FMJ, yang diyakini sebagai referensi atas panah besi yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Easton Hunting.

Seorang tamu hotel mengatakan bahwa ketiga korban tewas adalah seorang laki-laki paruh baya berjanggut putih, dan perempuan berpakaian serba hitam. Mereka disebut bertingkat saat aneh.

Sementara di Wittingen, seorang tetangga apartemen korban, sebagaimana dikutip oleh harian Merkur, menggambarkan korban perempuan berusia 30 tahun itu sebagai "sosok aneh dan selalu berpakaian hitam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cegah Keriput, Intip 4 Resep Awet Muda ala Miranda Kerr yang Simpel Abis

Posted: 13 May 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Proses penuaan tidak hanya muncul pada usia sekira 40-50 tahun ke atas. Pada usia 20-30 tahun, bisa saja sudah terjadi tanda-tanda penuaan pada wajah. Oleh karena itu, sudah sepatutnya setiap wanita melakukan rutinitas kecantikan yang berguna untuk memperlambat proses penuaan. Seperti yang dilakukan model cantik Miranda Kerr.

Model Victoria's Secret Angel, Miranda Kerr, memang selalu terlihat paripurna dengan kulit cantik dan tubuh bugar. Meski disibukkan dengan beragam aktivitas harian, ibu dari dua anak ini selalu tampil cantik menawan. Model asal Australia ini berupaya tetap tampil bugar pada usia yang sudah menginjak kepala tiga.

Penasaran dengan penampilan Miranda Kerr yang selalu terlihat segar dan awet muda? Mantan istri Orlando Bloom ini membeberkan beberapa rutinitasnya yang ia anggap sangat membantu penampilannya tetap awet muda. Berikut resep awet muda ala Miranda Kerr yang telah Liputan6 lansir dari Standard Evening, Selasa (14/5/2019).

1. Minum jus seledri

Jus daun seledri | unsplash.com

Ternyata resep rahasia keluarga Miranda adalah minum jus seledri. Biasanya Miranda mengonsumsi jus seledri setiap hari. Selain jus seledri, Miranda juga minum smoothie yang disebut Heavy Metal Detox Smoothie. Campuran smoothie ini sangat sederhana, 2 pisang, 2 gelas blueberries, 1 gelas cilantro, 1 gelas jus jeruk, 1 sendok teh bubuk, 1 sendok teh spirulina dan sedikit dulsce (rumput laut).

2. Menari di Rumah

Ilustrasi Menari di Rumah (sumber: unsplash)

Rahasia besar Miranda lainya adalah rajin menari di rumah sambil menyalakan musik bersama kedua anaknya. Dalam segala aktivitasnya Miranda lebih suka melakukan kegiatan yang bisa melibatkan anak-anak karena bisa mengajak mereka hidup sehat sejak dini. "Cara terbaik menurut saya, menyalakan musik di rumah dan menari dengan konyol, saya bisa berolahraga dengan cara itu," ujarnya.

3. Bangun pagi dan meditasi

Meditasi, Cara Sehat agar Remaja Bebas Stres (VGStockstudio/Shutterstock)

Setiap hari, Miranda bangun jam 5.30 pagi karena suaminya Evan Spiegel bangun jam segitu juga. Biasanya Miranda melakukan streching dan meditasi.

4. Minum berbagai suplemen

Mengonsumsi vitamin B bisa membantu redakan sakit kepala. (iStockphoto)

Setiap hari Miranda selalu minum suplemen perawatan kulit, vitamin cair B12 untuk energi, dan suplemen cair zinc agar saya tidak terkena flu. Mantan Victoria's Secret Angel itu mengatakan, untuk menjaga kulit dari penuaan dini adalah menjaga pola makan dan rajin minum air mineral.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Peminat, KAI Tambah Jam Perjalanan KA Pangrango

Posted: 13 May 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka memenuhi antusiasme masyarakat yang tinggi akan layanan transportasi kereta api relasi Bogor – Sukabumi PP, PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menambah frekuensi perjalanan KA Pangrango yang melayani relasi tersebut sebanyak enam perjalanan.

Perjalanan pertama KA Pangrango Tambahan ini diberangkatkan pada Selasa, 14 Mei 2019 dan tiket bisa dipesan sejak 10 Mei 2019 di seluruh channel penjualan KAI.

"Minat masyarakat Bogor – Sukabumi untuk menggunakan kereta api sangat positif. Rata-rata okupansi KA Pangrango pada akhir pekan mencapai 97 persen dan hari kerja sebesar 86 persen," kata EVP Daop 1 Jakarta R Dadan Rudiansyah kepada wartawan, Selasa (14/5/2019).

KA Pangrango Tambahan ini memiliki kapasitas penumpang yang sama dengan KA Pangrango eksisting, yakni satu kereta eksekutif dengan 50 tempat duduk dan empat kereta ekonomi dengan kapasitas 424 penumpang. Sehingga totalnya adalah 474 tempat duduk dalam satu rangkaian.

Tak hanya jumlah kapasitas penumpang, tarif KA Pangrango Tambahan pun sama dengan pendahulunya yakni Rp80.000 untuk kereta api eksekutif dan Rp35.000 untuk kereta ekonomi.

 

Penggunaan Lokomotif CC300 Diesel Hidrolik

PT KAI Daop 2 Bandung masih menyediakan sekitar 60 persen tiket angkutan Lebaran. (Huyogo Simbolon)

Ada yang baru di KA Pangrango Tambahan ini, yakni KA ini ditarik lokomotif yang diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (Inka) yaitu Lokomotif CC300 Diesel Hidrolik.

Lokomotif jenis ini sangat cocok digunakan di medan pegunungan yang berkelok dan menanjak seperti di jalur Bogor-Sukabumi. Selain itu, lokomotif CC300 ini pun lebih mampu menerjang banjir, sebab batas toleransi ketinggian air maksimal adalah 25 cm.

"Dengan adanya tambahan jadwal KA Pangrango ini, kami berharap masyarakat dengan mudah untuk melakukan perjalanan dari Bogor ke Sukabumi atau sebaliknya," tambah Dadan.

Dadan menilai kondisi jalan raya di rute tersebut kerap kali mengalami kemacetan sehingga kereta api merupakan alternatif moda pilihan masyarakat dengan segala kelebihannya.

"Selain itu, kereta api ini juga ditujukan bagi masyarakat yang hendak melakukan perjalanan rekreasi karena Kota Bogor dan Sukabumi sudah terkenal dengan potensi wisatanya," tutup Dadan.

Ramai Peminat, KAI Pesan 10 Rangkaian Kereta Sleeper Tambahan

Kereta Sleeper (Dok Foto: Facebook PT KAI)

Sejak dioperasikan pada Juni 2018 lalu, kereta sleeper atau sleeper train rupanya begitu diminati masyarakat. Ini membuat PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memesan 10 rangkaian sleeper train tambahan kepada PT Industri Kereta Api (INKA).

"Kira-kira ada 10 trainset (kereta sleeper) lagi yang kita pesan," ungkap Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Namun begitu, Edi masih belum bisa memperkirakan waktu pasti kapan 10 rangkaian kereta tambahan ini bisa tiba di Jakarta dari pabrik asalnya yang berada di Madiun, Jawa Timur.

Meski demikian, dia menargetkan rangkaian tambahan ini sudah tersedia di Ibu Kota pada awal 2020 mendatang. "Diperkirakan Januari tahun depan," ujarnya.

Sleeper train telah resmi beroperasi sejak 12 Juni 2018. KAI merangkai empat rangkaian kereta sleeper tersebut ke empat kereta api (KA) Argo Bromo Anggrek dengan tujuan Gambir-Surabaya Pasar Turi. Saat ini KAI memiliki sebanyak empat rangkaian kereta sleeper.

Minat masyarakat terhadap kereta kelas tertinggi milik KAI ini memang cenderung besar sejak awal beroperasi. Ini dibuktikan dengan tingkat okupansi kereta sleeper yang mencapai 60 persen pada 4 bukan pertamanya beroperasi.

"Okupansi sleeper untuk sekarang sekitar 60 persen. Memang di kelas ini kita berikan penawaran luxury, jadi memang butuh terus promosi," ucap Vice President of Passenger Marketing PT KAI R Agus Dwinanto Budiadji pada 30 Oktober 2018 lalu.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Choky Sitohang Pilih Jadi Artis Sekaligus Politikus

Posted: 13 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Choky Sitohang kini tengah menanti hasil penghitungan suara versi real count dari KPU. Apapun hasilnya nanti, Choky Sitohang berjanji akan menerima dengan lapang dada. Mengingat, keputusan terjun ke dunia politik telah dipertimbangkan dengan matang. Bagi Choky Sitohang berpolitik adalah panggilan untuk melayani negara.

"Latar belakang saya, dari tahun 2002 sampai 2005 sebagai jurnalis di bidang politik. Saya memulai karier itu di Jakarta, kuliah di bidang Komunikasi Politik. Jadi angin politik itu selalu memanggil sejak lama. Saya tidak tahu kapan harus terjun ke politik hingga tahun lalu saya dipinang sebuah parpol," kenang Choky Sitohang dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, belum lama ini.

Choky Sitohang membantah keputusan terjun ke dunia politik karena ingin pensiun dini dari dunia seni. Mantan presenter Take Me Out Indonesia menegaskan profesinya dari dulu presenter yang juga bergerak di bidang komunikasi publik.

Profesi ini dipilih untuk menghidupi istri dan anak. Sementara berpolitik adalah pengabdian untuk merawat Pancasila dan Indonesia.

Berbuat Baik untuk Negara

Choky Sitohang [foto: instagram/sitohangchoky]

"Sebagai bagian dari generasi milenial saya percaya bahwa kesempatan berbuat baik untuk negara dimulai dari kemandirian finansial. Jangan sampai ekonomi rumah tangga jadi ribet karena keinginan di bidang politik," ujar Choky Sitohang.

Jalan Beriringan

Choky Sitohang (Yunan Laziale/bintang.com)

Ia menambahkan, "Itu sebabnya banyak politikus jatuh gara-gara (skandal) uang. Makanya saya tetap menjalani urusan politik dan profesi di dunia seni beriringan. Keduanya boleh beriringan karena tidak ada undang-undang yang melarang." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ada Rasa Cinta, 5 Seleb Ini Balikan Setelah Sempat Bercerai

Posted: 13 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan hal yang sangat dinantikan bagi setiap orang. Bahkan momen dalam suatu pernikahan tentu saja tak akan bisa terlupakan. Namun dalam kehidupan pernikahan tentu tidak lepas dari cobaan. Kesetiaan dan komitmen pasangan suami-istri akan mendapat ujian pada masanya. 

Jika badai yang menghantam suatu pernikahan cukup besar, pernikahan tersebut bisa berujung para perceraian. Tentu saja semua orang tak berharap adanya perceraian dalam jalinan pernikahan. Hal ini bukan hanya dirasakan oleh masyarakat umum saja. Akan tetapi para selebritis Tanah Air juga sempat mengalami perceraian.

Namun meski pun telah bercerai, beberapa memutuskan untuk tetap menjalin silaturahmi dengan berteman. Bahkan beberapa juga ada yang kembali rujuk hingga menjalani pernikahan kembali. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 selebritis Tanah Air yang memutuskan kembali bersama, Selasa (14/5/2019).

1. Aming dan Evelyn

Aming-Evelin (Sumber: Instagram/evelinnadaanjani)

Aming dan Evelyn sempat menikah pada tahun 2016 lalu, akan tetapi keduanya pun memutuskan untuk bercerai saat usia pernikahan mereka belum genap satu tahun. Akan tetapi, baru-baru ini kabar kembalinya dua orang yang sempat menjalani rumah tangga muncul di permukaan.

Setelah bercerai selama 2 tahun, Aming dan Evelyn kembali mengunggah foto berdua di akun Instagram masing-masing. Kabar mengenai Aming dan Evelyn yang kembali menjalin sebuah hubungan ini tentu saja disambut baik oleh para penggemar dan juga sahabat mereka.

2. Tata Janeeta dan Mehdi Zati

Tata Janeeta (Sumber: Instagram/tatajaneetaofficial)

Hubungan yang terjalin antara Tata Janeeta dan Mehdi Zati sempat menghebohkan publik. Pasalnya penyanyi cantik yang pernah tergabung dalam grup Dewi Dewi dan Mahadewi ini sempat menikah siri dengan Mehdi Zati. Bahkan perceraian antara Tata Janeeta dan Mehdi Zati sempat menjadi perbincangan.

Hal ini lantaran Mehdi Zati menceraikan Tata Janeeta lewat telepon. Namun, saat ini Tata Janeeta telah kembali menjalani kehidupan pernikahan bersama Mehdi Zati. Bahkan keduanya pun telah menikah secara resmi pada tahun 2018.

3. Teuku Ryan dan Vira Yuniar

Vira Yuniar (Sumber: Instagram/virayuniar81)

Pasangan Teuku Ryan dan Vira Yuniar sempat menjalani pernikahan pada tahun 2004. Akan tetapi pada tahun 2009 Vira Yuniar sempat menggugat cerai sang suami. Pasangan selebritis ini pun resmi bercerai pada Januari 2010. Namun pada Desember 2010, kedua selebritis Tanah Air ini kembali rujuk.

4. Kiwil dan Meggy Wulandari

Kiwil dan Meggy (Sumber: Instagram/meggykiwil)

Meggy Wulandari sendiri merupakan istri kedua dari komedian Kiwil. Keduanya menikah pada Februari 2011. Namun pernikahan antara Kiwil dan Meggy sendiri sempat menuai berbagai permasalahan. Kiwil juga sempat menjatuhkan talak duanya kepada Meggy Wulandari.

Meski sempat berpisah, akan tetapi pada November 2014 keduanya pun memutuskan untuk kembali rujuk. Hingga kini pernikahan antara Kiwil dan Meggy Wulandari beserta istri pertamanya pun tampak harmonis.

5. Nia Paramitha dan Gusti Randa

Nia Paramitha dan Gusti Randa (Sumber: Instagram/niaparamia_)

Aktor sekaligus pengacara Gusti Randa menikahi seorang penyanyi dan juga pemain sinetron Nia Paramitha pada tahun 1997 lalu. Meski perbedaan umur keduanya cukup jauh, yaitu 13 tahun, akan tetapi pada pernikahan Gusti Randa dan Nia Paramitha telah dikaruniai empat orang anak.

Pada Maret 2006 Gusti Randa menggugat cerai Nia Paramitha dan resmi bercerai pada 3 Mei 2006. Meski pun telah bercerai selama 5 tahun, baik Gusti Randa maupun Nia Paramitha memutuskan untuk rujuk kembali pada tahun 2010.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah 12 Tahun Bermusik, Akhirnya Armada Punya Lagu Religi

Posted: 13 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Group band Armada sudah bermusik di tanah air sejak 12 tahun lalu. Namun sayangnya grup musik yang beranggotakan 5 orang yaitu Rizal (vokal), Radha & Mai (gitar), Andit (drum), dan Endra (bass) baru pertama kalinya merilis single religi pada tahun ini, yang berjudul I Will dan Jangan Bersedih.

"Mulai belajar agama, dan aku baru sadar bahwa Armada selama 12 tahun, belum pernah buat lagu religi," tutur Rizal Armada saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Ada beberapa yang membuat Armada sempat tak mau membuat single religi. Satu diantaranya, mereka tak ingin dianggap munafik. Dalam artian, mengajak akan hal kebaikan, namun mereka tak melakukannya.

Armada nggak pernah bikin lagu religi, karena anggapannya nggak mau terjebak munafik. Kayak misalnya ngajak sholat dan kebaikan lainnya, tapi Armada nggak lakuin, kan jadi kayak munafik ya. Makanya kita menghindari," jelasnya.

Sang vokalis pun melanjutkan bahwa apa yang mereka lakukan itu berdasarkan hadis nabi yang menjelaskan bahwa dakwah akan menjadi celaka jika tidak dilakukan sang pendakwah.

"Nah iya kan, seusai hadist Nabi juga itu. Makanya kita jadinya kita sepakat biar Armada cuma buat lagu tentang duniawi aja. Cinta cintaan lagi aja gitu, kayak patah hati dll," jelas Rizal Armada.

Rizal Armada memang diketahui tengah berhijrah, beberapa kali dirinya pun ikut pengajian bersama rekan-rekan artis lainnya. Banyak belajar agama, akhirnya sedikit mulai sedikit, Rizal mencoba mengganti lirik cintanya lebih ke arah positif saat manggung.

"Setelah kita belajar agama ya, makanya sekarang kita mencoba meleset in lagu kita sendiri saat diatas panggung gitu deh ke arah yang lebih positif," tutur Rizal Armada. (Syifa Ismalia/Fimela)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Pengancam Jokowi Diperiksa Intensif

Posted: 13 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta HS, tersangka pengancam Presiden Jokowi terus menjalani pemeriksaan intensif di kepolisian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN: Jokowi Ingin Anak Muda Jadi Menteri

Posted: 13 May 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertarik memboyong anak muda sebagai menteri dalam Kabinet Kerja pada periode kedua. Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Arya Sinulingga menyatakan, Jokowi ingin memberikan ruang lebih kepada anak muda di pemerintahan.

 "Sekarang yang muda banyak yang matang. Bapak Jokowi memang ingin memberi ruang untuk yang muda-muda," ujar Arya ketika dihubungi merdeka.com, Selasa (14/5).

Arya menyebut banyak nama tokoh muda yang pantas menjadi calon menteri. Dia mengatakan, Jokowi bisa saja mengambil orang yang membantunya dalam Pilpres 2019.

"Rata-rata di TKN yang bekerja untuk Pak Jokowi kan muda-muda," ucap Ketua DPP Perindo itu.

Arya mengkonfirmasi Jokowi sudah membicarakan menteri dengan elite koalisi di Restoran Heritage, Menteng, 28 April lalu. Namun, di sana, partai hanya diminta memberikan usulan.

"Tapi gak sampai nama lah," imbuhnya.

Arya meyakini Jokowi akan mencari orang terbaik untuk mengisi kursi menteri pada periode kedua. Sebab, Jokowi sendiri mengatakan ingin 'gaspol'.

Kata dia, Jokowi akan mendengarkan saran masyarakat dan juga pertimbangan partai koalisi. Selain itu, Jokowi sudah memiliki tim sendiri untuk menjaring calon anggota kabinet.

"Beliau independen pasti. Beliau banyak orang, banyak partai. Pasti bisa cari terbaik," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Dagang Memanas, Kapan IHSG Bisa Keluar dari Tekanan?

Posted: 13 May 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konflik perang dagang Amerika Serikat (AS)-China semakin memanas. Itu dimulai ketika AS pada Jumat pekan lalu resmi mengenakan tarif impor ke produk-produk China sebesar 25 persen.

China pun tak ambil diam, negeri tirai bambu itu mengatakan akan mengenakan tarif pajak impor terhadap sejumlah produk AS, dengan tarif impor antara 5-25 persen dengan nilai USD 60 miliar. Rencana ini akan bergulir pada 1 Juni nanti.

Analis OSO Sekuritas Sukarno Alatas mengatakan, kembali memanasnya perang dagang kedua negara ikut andil merontokan bursa-bursa Asia termasuk juga bursa saham di Indonesia. Terlihat, pada pembukaan perdagangan hari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung menuju zona merah.

Sukarno menambahkan, kelanjutan perkembangan perang dagang antar dua negara besar itu pun akan terus diamati oleh para investor asing.

"Tinggal menunggu titik temu perundingan antara AS-China. Namun akibat sentimen ini, investor asing akan melakukan aksi jual dulu," terangnya kepada Liputan6.com, Selasa (14/5/2019).

Meski begitu, tekanan aksi jual saat ini sudah mulai berkurang. Menurut dia, hal ini berdampak bagi bagi indeks untuk berpeluang menguat lagi (rebound).

"Saya rasa sekarang kalau dilihat dari sisi teknikal, penurunannya, tekanan jual sudah mulai berkurang. Volume dalam tren turun, dalam minortrend yang artinya tekanan jual sudah berkurang untuk sekarang. 1-2 hari seharusnya bisa teknikal rebound," kata dia.

Dia pun mengungkapkan, rilis suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) pada 16 Mei nanti akan menentukan pergerakan daripada IHSG ke depan.

"Terdekat ada rilis balance of trade dan interest rate. Ini bisa menjadi sentimen positif jika rilis balance of trade dinilai positif," ucapnya.

IHSG Dibuka Turun ke 6.055

Pekerja tengah melintas di bawah papan pergerakan IHSG usai penutupan perdagangan pasar modal 2017 di BEI, Jakarta, Jumat (29/12). Perdagangan bursa saham 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) memerah pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Nilai tukar rupiah juma melemah di kisaran 14.445per dolar AS.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Selasa (14/5/2019), IHSG melemah 53,99 atau 0,88 persen ke posisi 6.081,40. Sedangkan pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00, IHSG masih melemah dengan turun 79,99 poin atau 1,30 persen ke level 6.055,40. Ini adalah level terendah sepanjang tahun ini.

Adapun indeks saham LQ45 melemah 1,63 persen ke posisi 945,21. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah pada perdagangan hari ini.

Sebanyak 179 saham melemah sehingga mendorong IHSG ke zona merah. Sementara 31 saham menguat dan 88 saham diam di tempat. Pada awal sesi, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.083,02 dan terendah 6.040,67. 

Total frekuensi perdagangan saham 23.006 kali dengan volume perdagangan saham 1,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 494,1 miliar.

Investor asing jual saham Rp 40 miliar di pasar reguler. Posisi rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sebesar 14.445.

Seluruh sektor berada di zona merah. Saham industri dasar turun 2,22 persen dan membukukan penurunan terbesar. Saham aneka industri melemah 2,15 dan saham manufaktur tertekan 2,01 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham POSA naik 24,68 persen ke posisi Rp 394 per saham, saham MTWI mendaki 18,84 persen ke posisi Rp 82 per saham, dan saham RMBA menguat 12,50 persen ke posisi Rp 450 per saham.

Sementara itu, saham-saham yang melemah dan menekan IHSG antara lain saham GLOB turun 10,86 persen ke posisi Rp 312 per saham, saham IIKP tergelincir 10 persen ke posisi Rp 55 per saham, dan saham NRCA susut 8,17 persen ke posisi Rp 382 per saham.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mirip yang Dipakai Emak-Emak Belanja ke Pasar, Tas Ini Harganya Fantastis

Posted: 13 May 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dunia fashion lagi-lagi menjadi bahan perbincangan hangat netizen. Bukan karena beberapa brand terkenal tampil di ajang mode dunia, melainkan item fashion yang dianggap aneh oleh sebagian orang, salah satunya adalah tas. Buat pemerhati tren fashion, tas merupakan salah satu item fashion paling penting. Pada umum tas tentunya menjadi hal yang harus selalu kalian bawa ketika bepergian.

Baik pria atau wanita, tua maupun muda tentunya memiliki tas untuk menyimpan berbagai benda ketika pergi ke luar rumah. Tidak hanya sebagai alat untuk menyimpan berbagai benda, saat ini tas sudah berubah fungsi jadi sebagai status sosial. Semakin bagus dan mahal tasnya, semakin tinggi status sosialnyya.

Namun, apa jadinya jika tas karya desainer dunia memiliki bentuk seperti keranjang yang biasa dipakai emak-emak ke pasar? Apakah orang akan menyangka bahwa harga tas tersebut berbanding jauh? Nah, belakangan ini muncul sebuah tas yang mirip keranjang emak-emak saat ke pasar, namun harga tas tersebut cukup fantastis sehingga membuat banyak orang Indonesia tidak percaya.

Berikut Liputan6.com lansir dari Rakuten, tas yang mirip di pakai emak-emak saat ke pasar, namun memiliki harga yang fantastis, Selasa (14/5/2019).

Mirip tas belanja emak-emak

Mirip yang Dipakai Emak-emak Belanja Ke Pasar Tas Ini Harganya Fantastis (sumber: global.rakuten.com)

Marni merupakan brand mewah asal Italia itu merilis tas yang sangat unik. Ya, tas yang dirilis brand ternama itu terlihat familiar dengan orang Asia. Tas yang dibanderol dengan harga mahal itu seperti keranjang belanja emak-emak ke pasar. Sontak saja tas ini menjadi perbincangan hangat oleh sebagian orang, terutama di Indonesia.

Harganya mencapai jutaan rupiah

Mirip yang Dipakai Emak-emak Belanja Ke Pasar Tas Ini Harganya Fantastis (sumber: global.rakuten.com)

Usut punya usut brand Italia yang didirikan oleh Consuelo Castiglioni ini juga jadi salah satu langganan seleb Hollywood. Kirsten Dunst adalah selebritis yang ketahuan pernah menenteng tas Marni tapi bukan tas keranjang emak-emak ini. Kelebihan lain dari tas Marni adalah tidak adanya lisensi seperti yang sering dimiliki tas mewah seperti Prada, Hermes, atau Louis Vuitton.

Tas yang mirip dengan keranjang belanja Ibu-Ibu ini punya warna-warna yang mencolok dan dihargai mulai dari Rp 2 juta sampai Rp 5 juta. Tentu saja tas jinjing ini tidak digunakan untuk mewadahi sayur, ikan, telur, dan bahan pokok lainnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Sampai Khilaf, Begini Efek Mobil Diesel Jika Diisi Bensin

Posted: 13 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus mobil bermesin diesel yang diisi bahan bakar jenis bensin memang jarang terjadi. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi, karena sang pemilik mobil khilaf atau tidak sadar saat hendak mengisi bahan bakar.

Lalu, jika mobil diesel diisi bensin, apa efek yang bisa timbul untuk mobil kesayangan?

Dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, kendaraan sudah pasti akan mengalami kerusakan mesin. Pasalnya, sistem pembakaran pada mesin diesel tidak sama dengan mesin kendaraan berbahan bakar bensin.

Sistem Internal Combusion Chamber (pembakaran) diesel dan bensin tidak sama. Mesin diesel memakai tekanan kompresi, sedangkan mesin berbahan bakar bensin mengandalkan busi. Dari sini saja sudah jelas perbedaannya.

Selain itu, mesin bensin mudah terbakar sehingga jika bensin masuk ke dalam mesin diesel maka knocking-nya akan terasa. Karena tekanan kompresinya tidak sama, maka bahan bakar bensin akan meledak terlebih dahulu sebelum kompresinya merangsang. Karena hal ini paling terasa knocking-nya.

Efek pertama yang akan terjadi adalah mesin akan sulit dinyalakan. Meskipun akhirnya bisa menyala ia akan memakai sisa BBM diesel yang ada di mesin dan kondisinya akan terasa kurang nyaman dan berisiko mesin akan mati.

Solar

Paling penting juga untuk diketahui, pada BBM diesel bahan bakar tidak hanya untuk pembakaran, tetapi juga sebagai pelumas. Sehingga, jika hal tersebut terjadi akan sangat berisiko merusak injeksi dan akhirnya merembet ke bagian mesin mobil.

Melihat informasi di atas, jika Anda memiliki kendaraan bermesin diesel, jangan sekali-kali mengisi bahan bakarnya dengan bensin. Sebelum bepergian, pastikan bahan bakar sudah terisi penuh dan jika akan menempuh perjalanan jauh, ada baiknya lakukan survei atau cari informasi terlebih dahulu apakah SPBU yang ada di sepanjang perjalanan menyediakan bahan bakar diesel atau tidak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Kaum Muslim Pertama di Amerika Serikat yang Tak Dianggap Warga AS

Posted: 13 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada yang menganggap Islam datang ke Amerika Serikat baru-baru ini? Sebuah studi mengungkapkan bahwa kaum Muslim pertama ternyata datang ke negeri Paman Sam itu sejak abad 19. Status budak yang disandang membuat negara tak mengakui mereka sebagai warga Amerika Serikat.

Dalam jurnal berjudul Antebellum Islam yang dipublikasikan di Howard Law Journal, seorang asisten profesor hukum Universitas Detroit Mercy, Khaled Beydon, menuliskan sebagian budak dari Afrika Barat itu sebenarnya berstatus terpandang di tanah kelahirannya. Ada yang berperan sebagai imam, cendekiawan, penjelajah dunia, sejarawan hingga hafiz.

Salah satu individu yang menonjol bernama Omar bin Said, seorang ilmuwan kaya yang berasal dari Futa Tooro, Afrika Barat. Tempat itu dikenal sebagai Senegal saat ini.

Omar masih berusia 37 tahun saat ditangkap dan diangkut ke Amerika Serikat untuk dijual sebagai budak. Selama tinggal di Fayetteville, Carolina Utara, ia tetap menjalankan kewajiban sebagai Muslim, yakni salat lima kali sehari.

Kisah hidup dan pemikirannya itu dituangkan dalam catatan tulisan tangan berbahasa Arab sebanyak 15 halaman. Autobiografinya kemudian dituangkan dalam buku berjudul The Life of Omar Ibn Said dan diakuisisi oleh Perpustakaan Kongres AS.

Selain Omar, ada pula sosok Yarrow Mamout (Muhammad Yaro). Ia terbebas dari perbudakan setelah 44 tahun mengabdi. Ia bahkan berhasil menjadi wirausahawan dan pemilik rumah sambil terus menjalankan ibadah sebagai Muslim di Amerika Serikat.

Penghapusan Kemanusiaan

Ilhan Omar adalah anggota terpilih untuk Kongres Amerika Serikat yang mewakili Minnesota. Dia adalah seorang mantan pengungsi dari Somalia dan beragama Muslim. (AP)

Peneliti sosial menyebut, jumlah Muslim yang dijadikan budak di Amerika Serikat sebelum perang saudara terjadi diperkirakan antara 600 ribu hingga 1,2 juta orang. Sebanyak 40 persen dari mereka diculik dari barat Afrika.

Meski sama-sama dari Afrika, Khaled menyebut latar belakang mereka beragam. Namun, agama Islam yang meyakini semua manusia sama derajatnya kecuali orang yang bertakwa bisa menyatukan perbedaan itu.

Hal itulah yang berusaha dihilangkan para penguasa dulu dengan tak mengakui identitas keislaman mereka. Pasalnya, bila sampai diakui, berarti mereka harus mengakui pula orang-orang Afrika tersebut sebagai manusia bebas.

Dilansir dari laman voaindonesia.com, Khaled menyatakan gambaran orang Amerika saat itu tentang muslim adalah bangsa Arab atau Moor atau mereka yang berasal dari Timur Tengah. Sementara, orang-orang Afrika yang dijadikan budak tersebut tidak cocok dengan gambaran tersebut.

"Pemahaman yang sempit antara Muslim dan Afrika ini menyebabkan keyakinan luas bahwa kedua identitas tidak bisa tumpang tindih dan membantu mempercepat penghapusan budak Muslim Afrika dari catatan sejarah," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketahui Kepribadian Tersembunyi Dilihat dari Jari Kakimu

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bagian tubuh seseorang ternyata bisa mengungkapkan banyak hal menarik tentang kepribadiannya. Namun sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana karakter dirinya sendiri.

Untuk itu, tes sederhana ini bisa membantu menjawabnya. Jika tertarik, yang perlu kamu lakukan hanya melihat jari kakimu.

Ada lima tipe jari kaki seseorang, pertama, jari kelingking sangat kecil, jari manis menunjuk ke arah tertentu. Lalu jari telunjuk lebih panjang dari jempol, telunjuk kaki kiri menempel ke ibu jari dan jari tengah lebih panjang.

Nah, yang manakah kamu? Ketahui jawabannya berikut ini.

1. Jari Kelingking Sangat Kecil

Orang pemilik jari kelingking sangat kecil, meski sudah dewasa dikenal memiliki sifat manja dan kekanak-kanakan. Meski terkadang menyebalkan, tapi tipe individu ini sangat menyenangkan lo.

2. Jari Manis Menunjuk ke Arah Tertentu

Bagi kamu yang memiliki jari manis menunjuk ke arah tertentu dikenal individu yang modern. Sayangnya, kamu mudah berubah pikiran dan sering gelisah.

3. Jari telunjuk lebih panjang dari jempol

Pemilik jari telunjuk yang lebih panjang dari jempol dikenal memiliki jiwa pemimpin. Tak heran jika mereka selalu lebih unggul dibanding teman-teman lainnya.

 

 

 

 

4. Telunjuk Kaki Kiri Menempel ke Ibu Jari

Kamu memiiki telunjuk kaki kiri menempel ke ibu jari, berarti kamu individu yang super sensitif. Meski begitu, mereka suka kedamaian dan sangat mencintai alam.

5. Jari Tengah Lebih Panjang

Pemilik jari tengah lebih panjang dari jari lainnya dikenal individu yang licik. Mereka memiliki kemampuan alami untuk menipu orang. Selain itu, mereka juga sering menyebabkan kesalahpahaman. 

Nah, di antara kelima tipe jari di antas. Kamu tipe yang mana?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warriors Tanpa Durant di Gim 1 Final Wilayah Barat NBA

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors dipastikan tidak akan bisa diperkuat small foward andalannya Kevin Durant di gim pertama final Wilayah Barat NBA melawan Portland Trail Blazers. 

Durant absen karena masih belum sembuh dari cedera betis kanan. Menurut laporan ESPN, Durant juga kemungkinan besar tidak akan bermain di gim kedua final Wilayah Barat NBA.

Kondisi Durant baru akan dievaluasi tim medis Warriors pada Kamis (16/5/2019) waktu setempat. Jika sudah fit, Durant akan turun di gim ketiga.

Durant mengalami cedera betis di pertengahan kuartert tiga gim kelima semifinal Wilayah Barat melawan Houston Rockets. Untungnya tanpa Durant, Warriors bisa memenangi gim kelima dan keenam melawan Warriors.

 

Andalkan Curry dan Thompson

Durant dalam kondisi terbaik sebelum cedera. Dia kerap memimpin perolehan angka Warriors. Tanpa Durant, Warriors kembali bertumpu pada Splash Brother (Stephen Curry dan Klay Thompson).

Warriors memiliki keuntungan beristirahat lebih lama ketimbang Blazers. Pasalnya Blazers harus bertarung hingga gim ketujuh saat melawan Denver Nuggets di semifinal Wilayah Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilabulo, Makanan Para Raja yang Jadi Menu Favorit Buka Puasa di Gorontalo

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Jika Anda sedang berada di Gorontalo saat Ramadan, tak ada salahnya menyicip satu menu favorit buka puasa masyarakat setempat bernama Ilabulo. Kuliner berbahan utama tepung sagu ini sudah menjadi makanan tradisional khas Gorontalo yang melegenda.

Ilabulo merupakan sajian tepung sagu yang berisi campuran telur ayam, ati ampela, daging ayam dan sapi, lalu dibumbui rempah dan dibungkus daun pisang.

Setelah dibungkus lalu direbus dan bisa juga dibakar sesuai selera para penikmat kuliner. Maka tak heran jika makanan khas Gorontalo yang satu ini menjadi buruan para wisatawan dari luar daerah, apalagi saat Ramadan.

Tidak hanya itu, makanan ini juga menjadi menu buka puasa yang paling diminati oleh para pemburu kuliner saat menjelang buka puasa. Apalagi ditambah dengan kuah bugis yang menjadi pelengkap menu Ilabulo.

Meski nikmat dan menggugah selesa, satu porsi Ilabulo hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp1000-4000. Makin mantap isian Ilabulo, makin mahal pula harganya.

Saiful Demolawa, salah satu tokoh adat di Gorontalo kepada Liputan6.com, Selasa (14/5/2019) mengatakan, konon Ilabulo melambangkan sebuah kata "totobowata" yang artinya bersatu padu. Usut punya usut, makanan ini merupakan santapan khusus yang disajikan saat raja-raja sepakat menghentikan pertikaian dan memilih untuk berdamai.

"Setelah meresakan kenikmatan Ilabulo, maka pertikaian selesai dan terbentuklah perdamaian," ungkapnya.

Kini makan legendaris itu bisa ditemui disetiap sudut Kota Gorontalo, apalagi saat Ramadan seperti sekarang ini. Selain menjadi jajanan buka puasa, Ilabulo juga bisa menjadi oleh-oleh spesial dari Gorontalo, terlebih bagi mereka para pencinta kuliner Nusantara.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pekerja Lepas Juga Berhak Dapat THR, Seberapa Besar?

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri pun menghimbau perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) kepada para karyawannya paling lambat tujuh hari (H-7) sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Besaran THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, memperoleh THR 1 bulan upah. Sedangkan bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional.

Sementara itu, bagi pekerja harian lepas yang mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, besaran THR-nya berdasarkan upah 1 bulan yang dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Sedangkan bagi pekerja lepas yang mempunyai masa kerja kurang dari 12 bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

"Bagi perusahaan yang menetapkan besaran nilai THR dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau kebiasaan lebih besar dari nilai THR yang telah ditetapkan, maka THR Keagamaan yang dibayarkan kepada pekerja sesuai dengan yang tertera di perjanjian kerja, peraturan perusahaan, perjanjian kerja bersama, atau kebisaan yang telah dilakukan," kata Hanif dikutip dari keterangan tertulis

"Jika mengacu pada regulasi, pembayaran THR dilakukan paling lambat H-7. Tapi, saya mengimbau kalau bisa pembayaran dilakukan maksimal dua minggu sebelum Lebaran. Hal ini dilakukan agar pekerja dapat mempersiapkan mudik dengan baik," kata Menaker Hanif.

"Kita juga akan segera menerbitkan surat edaran THR kepada para Kepala Daerah dan membuka posko pengaduan THR. Bagi pekerja yang THR-nya tidak dibayarkan bisa mengadu ke posko pengaduan THR yang akan dibuka di dinas-dinas tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota serta di tingkat yaitu di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan," tutur Hanif.

Terlambat Bayar THR, Pengusaha Bisa Kena Denda 5 Persen

Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyiapkan sanksi bagi perusahaan atau pemberi kerja yang tidak membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerjanya sesuai dengan ketentuan.

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri mengungkapkan, pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangna Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

"Kita minta perusahaan memastikan  pembayaran THR sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar dia di Jakarta. 

Berdasarkan Permenaker tersebut, dalam Bab IV diatur soal denda dan sanksi yang diberikan kepada perusahaan atau pengusaha yang tidak mengikuti ketentuan soal pemberian THR. Salah satunya keterlambatan pembayaran THR bagi pekerja.

Pasal 10 Bab IV Permenaker tersebut menyatakan, pengusaha yang terlambat membayar THR keagamaan kepada pekerja, dikenai denda sebesar 5 persen dari total THR keagamaan yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar. 

Hal ini juga berlaku bagi pengusaha yang tidak membayar THR kepada pekerjanya.‎ Pengenaan denda tersebut tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk tetap membayar THR keagamaan kepada pekerja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Cacar Monyet, Ini Daftar RS di Kepri yang Sudah Siapkan Ruang Isolasi

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dinas Kesehatan Kepulauan Riau melaporkan sejumlah rumah sakit siap membuka ruang isolasi ketika terjadi kasus cacar monyet tak terduga di sana.

"Rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta sudah ada yang mempersiapkannya. Rumah sakit pemerintah tentu semuanya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana saat dihubungi Health Liputan6.com, Selasa, 14 Mei 2019.

Rumah sakit tersebut tersebar di Batam, Tanjung Pinang, dan Tanjung Balai Karimun yang berjarak cukup dekat dengan Singapura.

"Ketiganya (Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun) ada kapal feri yang langsung ke Singapura. Bahkan, Batam setiap lima menit ada feri yang datang dari sana. Frekuensi arus kapal feri sangat tinggi di Batam," katanya.

Di Batam, lanjut Tjetjep, rumah sakit pemerintah seperti RS Umum Daerah Embung Fatimah sudah melaporkan kesiapannya untuk menerima pasien cacar monyet. "Kalau rumah sakit swasta yang sudah benar-benar siap adalah RS Awal Bros," Tjetjep menjelaskan.

Sementara itu untuk di Tanjung Pinang, ada tiga rumah sakit yang sudah melaporkan ke Dinas Kesehatan Kepulauan Riau mengenai kesiapannya; RSUD Raja Ahmad Tabib, Rumah Sakit Kota Tanjung Pinang, dan Rumah Sakit Angkatan Laut. 

"Itu sudah siap melakukan itu," kata Tjetjep. 

Sedangkan di Tanjung Balai Karimun, baru Rumah Sakit Haji Muhammad Sani yang melaporkannya. "Yang lain-lain di Batam tengah mempersiapkan. Tentu nantinya akan melaporkan kesiapsiagaan menerima pasien cacar monyet ini," ujarnya.

 Simak video menarik berikut ini

 

Waspada Cacar Monyet Yang Ditularkan Hewan Liar

Heboh Cacar Monyet, Belum Ada Pelarangan ke Singapura

Sampai saat ini memang belum ada larangan bagi masyarakat Kepulauan Riau mengunjungi Singapura. 

"Kita tetap terus memantau tanpa melakukan pelarangan," kata Tjetjep. 

Akan tetapi kewaspadaan sudah dilakukan sejak hari pertama otoritas Singapura mengumumkan penemuan kasus cacar monyet di negara tersebut.

"Kewaspadaan itu pertama di pelabuhan. Kita sudah melakukan, misalkan, kantor kesehatan pelabuhan (KKP) sudah memasang termal scan, untuk memeriksa para pendatang dari Singapura. Baik itu wisatawan, orang Singapura, dan warga negara Indonesia yang kembali dari Singapura," Tjetjep menjelaskan.

Kemudian, di sejumlah rumah sakit dan puskesmas sudah disosialisasikan gejala-gejala yang harus diwaspadai. Lalu melakukan laporan berjenjang.

"Dengan cara ini, sebetulnya kita sudah melakukan antisipasi karena apabila ada yang dicurigai tentu kita sudah melakukan tindakan," katanya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Presiden Sudan Didakwa Atas Kasus Pembunuhan terhadap Demonstran

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Khartoum - Kejaksaan Sudan telah menjatuhkan dakwaan terhadap eks presiden yang dimakzulkan, Omar al-Bashir atas tuduhan menghasut dan keterlibatan dalam pembunuhan demonstran.

Dakwaan bersumber dari hasil penyelidikan yang dirilis bulan lalu atas kematian seorang dokter yang tewas dalam demonstrasi anti-Presiden Bashir awal tahun ini, demikian seperti dilansir BBC, Selasa (14/5/2019).

Nasib Bashir hingga hari ini masih belum jelas. Ia dilaporkan berada di dalam penahanan di ibu kota Sudan usai dikudeta oleh militer pada 11 April 2019. Berbagai dakwaan hukum, mulai dari korupsi, pendanaan terorisme, hingga pelanggaran hak asasi manusia, menantinya.

Rakyat Sudan telah mendesak sejak lama agar Omar al-Bashir segera diseret ke pengadilan untuk mempertannggungjawabkan berbagai tuduhan tersebut.

Dugaan Pembunuhan terhadap Demonstran

Aksi protes besar-besaran di ibu kota Sudan, menuntut pemerintahan Omar al-Bashir turun dari jabatannya (AFP/Ebrahim Hamid)

Pada Desember 2018, pengunjuk rasa mulai berdemonstrasi menentang keputusan pemerintah untuk menaikkan harga roti menjadi tiga kali lipat.

Protes segera berubah menjadi kemarahan luas terhadap pemerintahan 30 tahun presiden, yang dipimpin oleh seorang dokter.

Lima pekan setelah unjuk rasa, pada 17 Januari 2019, para saksi mata mengatakan pasukan negara menembakkan amunisi langsung kepada para demonstran dan membunuh dokter tersebut.

Sang dokter selama ini telah merawat pengunjuk rasa yang terluka di rumahnya di Khartoum ketika polisi menembakkan gas air mata ke kerumunan.

Seorang saksi mengatakan kepada BBC bahwa sesaat sebelum kematiannya, sang dokter telah berjalan dengan tangan di udara, mengatakan kepada polisi bahwa dia adalah seorang dokter. Namun, ia langsung ditembak.

Dia adalah satu dari lusinan orang yang tewas dalam protes anti-pemerintah Sudan.

Militer Sudan kemudian melakukan kudeta pada 11 April 2019, mengusir Omar al-Bashir dari kursi kepresidenan.

Namun demonstrasi tak segera usai. Para pengunjuk rasa kemudian melakukan aksi duduk di luar markas militer untuk menuntut pasukan militer segera melakukan transisi kekuasaan kepada rakyat.

Sebuah dewan militer mengambil alih kekuasaan negara itu sejak 11 April 2019, tetapi para demonstran bersikeras bahwa mereka harus menyerahkan kepada pemerintahan sipil.

Langkah Militer Sudan

Menteri Pertahanan Awad Ibn Auf, kepala kudeta Presiden Omar al-Bashir. (AFP)

Koalisi oposisi dan dewan militer yang berkuasa mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka telah mencapai kesepakatan terobosan tentang struktur kekuasaan untuk melakukan transisi.

"Pada pertemuan hari ini kami sepakat tentang struktur pemerintah dan kekuatan mereka," kata juru bicara gerakan protes Taha Osman kepada kantor berita AFP pada Senin 13 Mei 2019.

"Pihak berwenang adalah sebagai berikut - dewan yang berdaulat, kabinet dan badan legislatif," katanya.

Dewan militer juga mengkonfirmasi bahwa kesepakatan tentang struktur kekuasaan transisi telah tercapai.

Kedua belah pihak akan bertemu lagi pada Selasa 14 Mei 2019 untuk membahas berapa lama masa transisi akan berlangsung dan peningkatan dari ketiga badan tersebut.

Kedua masalah telah menjadi poin utama dalam pembicaraan antara kedua pihak selama sebulan terakhir.

Jenderal mengatakan masa transisi harus dua tahun, sementara pengunjuk rasa menginginkannya empat tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 'SOLO' Jennie BLACKPINK Tembus 300 Juta Penonton

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah rekor kembali dicetak oleh BLACKPINK. Video klip SOLO milik Jennie telah ditonton lebih dari 300 juta penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tasya Kamila Ungkap Perjuangan Melahirkan Anak Pertama

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tasya Kamila dan suami, Randi Bachtiar, kini resmi menyandang status sebagai orangtua. Mantan artis cilik ini telah melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki pada Senin (13/5/2019).

Lewat akun Instagram, Tasya Kamila mengurai rasa syukur. Ia juga mengungkap perjuangannya untuk melahirkan sang anak ke dunia.

"Alhamdulillahirabbil'alamin. Setelah perjuangan panjang, tiga hari bertarung di rumah sakit untuk kebahagiaan ini," tulisnya sebagai keterangan foto, Senin (13/5/2019).

Fotonya sendiri memperlihatkan sang anak yang sedang terlelap di ranjangnya. Tasya Kamila dan Randi Bachtiar juga telah menyematkan nama yang indah untuk bayi laki-laki mereka.

"Akhirnya kami menyambut anak lelaki kami yang bernama: Arrasya Wardhana Bachtiar. Lahir hari ini: 13 Mei 2019 at 15:15. 3470 gr. 49 cm," sambung Tasya Kamila.

Banjir Ucapan Selamat

(Instagram/randibachtiar)

Ucapan selamat mengalir deras untuk pasangan ini. "OMG OMG OMG Congratulation tasyaaa so happy for you," tulis Prilly Latuconsina di kolom komentar.

"Selamat kesayangan akuuuuuuu," kata penyanyi Rossa.

"Waaaa Congratulations so happyyyy for you guyssss," tambah Vidi Aldiano.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terduga Pelaku Mutilasi VO, Desersi dari Pendidikan TNI

Posted: 13 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Pelaku mutilasi VO, masih terus diburu. Pelaku diduga adalah kekasih VO yaitu DP. Terduga pelaku ternyata terdaftar sebagai salah satu anggota Tentara Negara Indonesia (TNI), yang masih mengikuti pendidikan di Rindam II/Baturaja, Sumsel.

Kapendam II/Sriwijaya Kolonel Inf Djohan Darmawan membenarkan bahwa terduga pelaku merupakan siswa Sartaif di Rindam II/Baturaja. Namun sejak tanggal 4 Mei 2019, DP berpangkat Prada tersebut sudah absen pendidikan atau disebut Tidak Hadir Tanpa Izin (THTI).

"Pihak Pomdam II/Sriwijaya dan Polda Sumsel sedang penyelidikan untuk pengembangan kasus pembunuhan dan diduga dilakukan oleh oknum anggota TNI," katanya, saat ditulis (13/5/2019).

Pihak Kodam II/Sriwijaya tidak akan segan menindak anggotanya, jika benar terbukti melakukan tindakan pidana.

Terduga pelaku mutilasi sendiri merupakan orang terakhir yang bersama korban, saat memesan kamar penginapan, pada hari Selasa (7/5/2019).

Prada DP rumahnya masih berdekatan dengan rumah korban. Tidak jauh, Rini, kakak kandung VO di Jalan Tangga Takat, Seberang Ulu (SU) II Palembang.

DP sering datang ke rumah untuk mengunjungi korban. Kata temannya dia mau pulang bawa belanjaan untuk buka puasa dan sahur. Tapi dia tidakpernah pulang.

Dari informasi yang dihimpun, beberapa barang pribadi korban hingga kini juga dibawa kabur oleh terduga pelaku mutilasi. Seperti sepeda motor, telepon genggam dan lainnya.

 

 

Foto Terduga Pelaku Disebar

Foto terduga pelaku mutilasi VO yang disebarluaskan di media sosial (Dok. Facebook / Nefri Inge)

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi membenarkan barang milik korban dibawa kabur oleh terduga pelaku.

"Salah satu saksi pernah melihat DP membawa sepeda motor korban. Terduga pelaku juga masih dalam pencarian. Kami juga sudah menemui pihak keluarga," ungkapnya.

Keluarga terduga pelaku pun sudah menyerahkan sepenuhnya ke pihak berwajib. Mereka sudah bersikap kooperatif, dengan memberikan informasi terkait keberadaan DP.

Dia menegaskan jika pihak keluarga atau warga lainnya berusaha melindungi terduga pelaku, akan bisa dipidana sesuai dengan Pasal 55 KUHP.

Namun status DP sekarang masih teduga pelaku, tapi para saksi dan alat bukti memang mengarah ke DP.

"Kita juga sudah menyebarkan foto terduga pelaku, dan dibantu pencarian DP oleh Kodam II/Sriwijaya," katanya.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank bjb Jalin Kerja Sama Optimalisasi Pendapatan Daerah dengan Pemda Kota dan Kabupaten Wilayah Provinsi Banten

Posted: 13 May 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Banten Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak Pemerintah Daerah dan bank bjb sebagai bank daerah untuk turut serta meningkatkan potensi pendapatan daerah dari sektor Pajak. Untuk itu, KPK memfasilitasi Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten di Wilayah Provinsi Banten bersama dengan bank bjb untuk menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Optimalisasi Pendapatan Daerah dari Sektor Pajak Daerah di Pendopo Gubernur Banten, Senin (13/5/2019).

Penandatanganan perjanjian kerjasama ini dihadiri oleh Gubernur Provinsi Banten Wahidin Halim, Pimpinan KPK Alexander Marwata, Muhadi selaku Komisaris bank bjb, Nia Kania selaku Direktur Keuangan bank bjb, Suartini selaku Direktur Konsumer dan Retail bank bjb, serta seluruh kepala daerah Kabupaten dan Kota diWilayah Provinsi Banten.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama tersebut meliputi sarana pemanfaatan jasa layanan perbankan bank bjb serta pemasangan alat monitoring transaksi Pajak Daerah. Bank bjb sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah Kota dan Kabupaten di Wilayah Jawa Barat dan Banten pun terus berupaya melakukan peningkatan layanan. Bank bjb tak pernah berhenti meluncurkan berbagai inovasi layanan untuk lebih mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran Pajak Daerah.

Saat ini, sistem layanan penerimaan setoran Pajak Daerah Kota dan Kabupaten Wilayah Jawa Barat dan Banten telah terintegrasi dengan sistem bank bjb secara real time online, dan wajib Pajak dapat melakukan pembayaran Pajak Daerah melalui seluruh Jaringan Kantor dan Jaringan Elektronik bank bjb di seluruh Indonesia. Dengan begitu, tujuan target pendapatan daerah dari sektor Pajak Daerah dapat tercapai sesuai harapan.

Lebih lanjut, dalam rangka optimalisasi dan transparansi Penerimaan Pajak Daerah, saat ini Badan Pendapatan Daerah Kota/Kabupaten telah melakukan inovasi bersama bank bjb dengan menerapkan sistem online dalam pemungutan pajak daerah. Sistem pajak online ini mencakup sistem pelaporan (SPTPD online), sistem payment online, sistem monitoring transaksi usaha secara online wajib pajak, administrasi perpajakan daerah, dan sistem perizinan yang terintegrasi.

Salah satu contoh pelaksanaan inovasi tersebut adalah penyelenggaraan monitoring terhadap data transaksi usaha wajib pajak diperuntukkan kepada wajib pajak hotel, restoran, tempat hiburan, dan parkir. Mekanisme kerja sistem ini adalah pemasangan Alat Monitoring Data Transkasi Usaha secara Online (tapping box) yang bertujuan untuk merekam dan menyimpan setiap data transaksi usaha wajib pajak. Juga dipantau melalui dashboard atau sistem monitoring yang berada di Badan Pendapatan Daerah. Adapun pemasangan sistem ini disesuaikan dengan kondi sisistem yang dimiliki oleh Wajib Pajak.

Komitmen bank bjb sebagai pendorong laju pertumbuhan daerah selalu membuat bank bjb mengalami peningkatan. Pada triwulan I 2019, bank bjb mencatat laba bersih Rp 421 miliar dengan total aset sebesar Rp 117,7 trilliun yang didorong daripertumbuhan tabungan sebesar 8,8 persen, sehingga casa naik dari 46,3 persen menjadi 48,8 perseen. Total kredit yang berhasil disalurkan bank bjb tercatat Rp 75,8 triliun dan berhasil tumbuh sebesar 6,2 persen, dimana kredit bermasalah (NPL) pada di level 1,68 persen atau lebih baik dibandingkan rasio NPL rata-rata industri perbankan yang sebesar 2,59 persen.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenko PMK Bentuk Tim Cegah Ancaman Masuknya Cacar Monyet

Posted: 13 May 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Bidang Kesehatan membentuk tim pelatihan terpadu lintas sektor untuk mengatasi ancaman wabah penyakit baru, salah satunya cacar monyet (monkeypox). Investigasi Kejadian Luar Biasa (KLB)/Wabah Terpadu ini akan dilakukan di wilayah Sumatera Barat, sebagai lokasi pilot project.

"Sebagai salah satu hotspot penyakit zoonosis dan Penyakit Infeksi Berulang (PIB) di Asia, Indonesia harus selalu waspada dalam menghadapi wabah penyakit yang bisa datang kapan saja dan tidak terduga, seperti kasus monkeypox (cacar monyet) yang sedang terjadi di Singapura dan berpotensi untuk masuk ke Indonesia," tutur Plt Deputi Peningkatan Kesehatan, Kemenko PMK Tb A Choesni di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Choesni menerangkan, pemerintah Indonesia telah menetapkan lima penyakit prioritas berpotensi wabah, yakni Rabies, Flu Burung, Leptospirosis, Bruselosis, dan Antraks. Menurut dia, penyakit tersebut telah menelan korban jiwa serta kerugian ekonomi yang sangat besar nilainya setiap tahun.

Karenanya, sebuah tim pelatihan terpadu investigasi wabah ini akan memperkuat respons terhadap wabah penyakit di tingkat kabupaten/kota, khususnya Indonesia yang menerapkan sistem pemerintahan desentralisasi.

"Pada akhirnya, pelatihan ini akan memperkuat kesiapsiagaan Indonesia terhadap wabah penyakit," harap Choesni.

Sementara itu, perwakilan Indonesia One Health University Network (INDOHUN) yakni Wiku Adisasmito, sebagai salah satu bagian dari anggota tim investigasi, mengatakan, institusinya siap mendukung selama perencanaan, pelaksanaan, serta menyediakan platform pelatihan jarak jauh yang dapat di akses melalui portal www.i-learn.id.

"Ini untuk menjawab kebutuhan penanganan KLB wabah penyakit secara lintas sektoral dan lintas kementerian di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia," kata Wiku.

Kasus infeksi monkeypox atau yang biasa disebut sebagai cacar monyet telah menjangkit Singapura. Pasien pertama di negara itu adalah warga negara Nigeria, berusia 38 tahun, yang tiba di Negeri Singa pada 28 April lalu.

Ia dilaporkan positif terjangkit virus penyakit tersebut pada Rabu 8 Mei 2019, menurut Kementerian Kesehatan (MOH).

Dalam sebuah siaran pers MOH tertanggal Kamis 9 Mei 2019, pasien saat ini dalam kondisi stabil dan tengah dikarantina di National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura.

 

Batam Waspada

Beda Cacar Monyet dan Cacar Biasa

Dua thermal scanner (pemindai suhu) tampak terpasang di Pelabuhan Internasional Batam Center, Senin 13 Mei 2019. Alat tersebut mampu memindai suhu tubuh secara massal.

Pemasangan alat ini dipasang untuk mengantisipasi masuknya virus cacar monyet (monkeypox) dari Singapura. Penyakit ini tengah ramai diperbincangkan usai temuan di negara jiran tersebut.

 Koordinator Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) wilayah kerja Batam Center, dr Tiara Sesialia mengatakan, dua alat tersebut dipasang pada pintu masuk kedatangan.

"Pengukur suhu tubuh ini akan melihat suhu normal atau tidak," ujar Tiara, Senin (13/5/2019), seperti dilansir Batamnews.co.id.

Ia menjelaskan suhu tubuh manusia normal memiliki ambang batas sampai 37,5 derajat celcius. Maka ketika seseorang memiliki suhu tubuh 38 derajat keatas, alarm akan berbunyi. 

Suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, sebagai salah satu gejala seseorang sedang dalam kondisi sakit. Salah satunya termasuk indikasi terjangkit virus cacar monyet.

Sehingga keganasan yang sampai menyebabkan kematian sangat kecil. Di Afrika sendiri, lanjut Tjetjep, kematian karena cacar monyet ini hanya 10 persen dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. 

Hidup Bersih dan Sehat

Sementara itu, penularan cacar monyet atau monkeypox tidak bakal terjadi apabila masyarakat, baik yang tinggal di Kepulauan Riau maupun luar Pulau Sumatera, menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Karena sebetulnya, penyakit ini ditularkan melalui gigitan monyet, kera, dan tikus, atau makan makanan yang sudah terkontaminasi," kata Kepala Dinas Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana.

"Akan tetapi kalau melihat proses penularan penyakit melalui binatang tadi itu sangat kecil di negara kita, yang justru memungkinkan adalah melalui makanan yang terkontaminasi virus tersebut," katanya saat dihubungi Health Liputan6.com melalui sambungan telepon pada Selasa, 14 Mei 2019.

Menurut Tjetjep, cacar monyet tidak seganas SARS dan Ebola yang proses penularannya melalui pernapasan.

"Kalau ini (cacar monyet) melalui makanan, karena menularnya dari binatang ke manusia. Tetapi bisa terjadi dari manusia ke manusia. Inilah yang kita khawatirkan, yang kita jaga," Tjetjep menegaskan. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Dagang, China Harap AS Kembali ke Jalan yang Benar

Posted: 13 May 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengancam China agar tidak membalas dengan menerapkan tarif terhadap barang impor asal Negeri Paman Sam. Trump berkata langkah retaliasi hanya akan memperburuk situasi China di perang dagang.

Namun, China memilih melakukan retaliasi dengan cara menambah tarif sebesar 10 persen ke produk AS senilai USD 60 miliar. Dengan adanya retaliasi ini China berharap AS akan kembali ke "jalan yang benar".

"Penyesuaian China pada tarif tambahan adalah respons terhadap unilateralisme dan proteksionisme AS. China berharap AS akan kembali ke jalan yang benar pada perdagangan bilateral dan konsultasi ekonomi dan bertemu China di jalan tengah," ucap Kementerian Keuangan China seperti dikutip Yahoo! Finance.

Total 5.140 produk AS akan kena tarif tambahan antara 5 persen, 10 persen, 20 persen, dan 25 persen. Retaliasi perang dagang ini akan diterapkan pada 1 Juni mendatang.

Tarif sebesar 25 persen untuk 2.493 produk seperti LNG, minyak keledai, minyak kacang, petrokimia, sayuran beku dan kosmetik.

Retaliasi yang dilakukan China relatif lebih kecil dari sanksi AS sebesar 25 persen pada lebih dari 5.700 produk China. Total produk China yang kena tarif baru itu senilai USD 200 miliar. 

Pekan lalu, delegasi China yang dipimpin oleh Vice-Premier Liu He juga sudah bertemu pemerintahan AS untuk membahas penyelesaian perang dagang. Sayang, pertemuan itu tidak mencapai target dan perang tarif berlanjut.

Bos IMF Prihatin dengan Perang Dagang yang Memanas

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (26/2).(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemimpin IMF Christine Lagarde menyuarakan keprihatinan kepada perang dagang yang kembali memanas. Ia menyebut hal itu mengancam perekonomian dunia.

"Jelas ketegangan antara Amerika Serikat dan China merupakan ancaman kepada ekonomi dunia," ujar Lagarde dalam acara Paris Forum Event seperti dikutip France 24.

Ia pun khawatir melihat twit Presiden Donald Trump, serta berbagai rumor yang ada, membuat kedua negara semakin jauh dari kesepakatan.

Dalam acara yang sama, Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire turut cemas akan perang dagang yang terjadi. Negosiasi antar AS dan China pun diharapkan bisa menjunjung kerja sama.

"Kami mengikuti dengan mendalam negosiasi yang terjadi antara China dan Amerika Serikat dan kami ingin mereka menghormati prinsip-prinsip transparansi dan multilateralisme," ujar Le Maire.

Dialog terkait perang dagang sempat terancam gagal karena Presiden Trump mendadak menaikkan tarif produk China yang masuk ke negaranya. Tarif 10 persen pada produk China senilai USD 200 miliar akan naik menjadi 25 persen.

Akan tetapi, pihak China menanggapi santai ancaman Trump. Delegasi China pun tetap akan bertolak ke Negeri Paman Sam untuk berdialog pada akhir pekan ini.

Diancam Sanksi Donald Trump, China Mengaku Sudah Biasa

Presiden AS, Donald Trump memberikan sambutan saat acara buka puasa bersama di Ruang Makan Negara di Gedung Putih, Senin (13/5/2019). Sebagaimana diketahui, acara iftar bersama memang secara teratur digelar di Gedung Putih sejak pemerintahan Bill Clinton. (AP/Manuel Balce Ceneta)

Sebelumnya dilaporkan, ancaman sanksi berupa tarif tambahan untuk barang impor China ke Amerika Serikat (AS) sempat menambah pesimisme terkait dialog perang dagang. Akan tetapi, pihak China tetap mengirim delegasi ke AS.

Dilaporkan South China Morning Post, pakar relasi China-AS menyebut ancaman tarif adalah taktik Trump untuk menyalahkan China bila negosiasi perang dagang. China pun disebut sudah terbiasa dengan gaya Trump. 

"Setelah melakukan sejumlah pembicaraan intensif, China sudah familiar dengan gaya Trump dan administrasinya. Pengumuman mendadak Trump bukanlah kejutan besar bagi China, tetapi China harus bersiap untuk skenario terburuk," ujar Lu Xiang dari Akademi Ilmu Sosial China.

Senada dengan itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, menegaskan Vice-Premier Liu He tetap akan bertolak ke AS untuk membahas isu perdagangan. Pemerintah juga berkata sudah biasa diancam oleh tarif Trump.

"Sudah berkali-kali pihak AS mengancam untuk menambah tarif," ujar Geng Shuang.

Dia turut menyuarakan langkah diplomatis agar kedua negara adidaya ini bisa mencapai kesepakatan yang menguntungkan bersama. Pada saat yang sama, ia menyebut warga China waswas terhadap dialog perang dagang.

"Semua orang di China dan luar negeri sangat khawatir tentang pembicaraan selanjutnya, dan kami juga mempelajari tentang perubahan-perubahan relevan. Delegasi China sedang bersiap berangkat ke AS untuk beragam negosiasi," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Banyak yang Tahu, 7 Seleb Dunia Ini Beragama Islam

Posted: 13 May 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gemerlap industri hiburan dihiasi oleh publik figur bertalenta. Dari bidang akting hingga tarik suara, para selebriti sukses menghibur penonton lewat layar kaca televisi. Berbicara mengenai industri hiburan, pasti erat kaitannya dengan latar belakang para selebriti yang selalu buat penasaran.

Khususnya selebriti dunia yang datang dari berbagai latar belakang ekonomi, budaya, dan agama. Ada yang berasal dari keluarga berkecukupan, ada pula yang harus merintis karier dari bukan siapa-siapa hingga menjadi sosok miliuner.

Latar belakang ekonomi mungkin telah menjadi hal biasa di industri hiburan dan di mata para penggemar. Namun, satu hal yang cukup menarik perhatian adalah riwayat agama yang dianut oleh para selebriti dunia.

Tak banyak yang tahu, beberapa selebriti dunia diketahui merupakan seorang muslim. Meski berkarier di negara dengan mayoritas agama non-muslim, namun deretan selebriti dunia berikut bangga dengan keyakinannya.

Nah, penasaran bukan? Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 7 selebriti dunia yang beragama Islam, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (14/5/2019).

1. Zayn Malik

Zayn Malik. (AFP/FRAZER HARRISON/GETTY IMAGES NORTH A)

Publik pasti paling paham dengan profil Zayn Malik yang merupakan seorang muslim. Ya, mantan personel One Direction ini menggemparkan publik setelah cuitannya di Twitter berisikan kalimat syahadat.

Meski berkarier di Inggris, Zayn Malik tak lantas menyembunyikan identitasnya sebagai seorang muslim. Pria berparas tampan ini adalah putra dari pasangan Yasser yang berdarah Pakistan-Inggris dan Tricia Malik, asal Inggris.

2. Gigi Hadid - Bella Hadid

Gigi Hadid - Bella Hadid (ANGELA WEISS / AFP)

Bella Hadid dan Gigi Hadid boleh saja jadi pendatang baru di industri hiburan internasional. Namun, dua bersaudara yang satu ini terkenal dengan wajah memesona dan gayanya yang modis.

Di balik penampilannya yang oke, sedikit yang tahu bahwa mereka adalah seorang muslim. Bella Hadid dalam sebuah kesempatan pernah mengutarakan kebanggaannya tentang keyakinan yang dianutnya.

Dirinya mengaku bangga menjadi seorang muslim karena sosok ayahnya yang religius. Bella dan Gigi Hadid adalah putri dari Mohamed Hadid, seorang pengusaha real estate yang dulunya tinggal di Suriah sebelum kini tinggal di AS.

3. Mahershala Ali

Mahershala Ali. (AFP/Bintang.com)

Mahershala Ali adalah seorang aktor muda yang menulis sejarah sebagai aktor muslim pertama yang membawa pulang Piala Oscar. Penghargaan itu ia dapat pada tahun 2017 silam. Aktor kelahiran 1974 ini pernah berakting dalam film The Hunger Games Mockingjay – Part 1 dan Part 2.

Selain dua film tersebut, Mahershala Ali banyak menunjukkan bakat aktingnya dalam berbagai genre film. Yang terbaru, Mahershala Ali juga tampil dalam film Spider-Man: Into the Spider-Verse dan Alita: Battle Angel.

4. Sinead O'Connor

Sinead O'Connor Jadi Mualaf (Twitter/ MagdaDavitt77)

Sinead O'Connor merupakan satu dari banyaknya seleb dunia yang menjadi mualaf. Kabar dirinya berpindah agama secara langsung ia umumkan melalui akun Twitternya, pada Oktober 2018 lalu. Dalam cuitannya, Sinead O'Connor mengaku bangga menjadi seorang muslim.

Keputusan tersebut ia buat setelah selama beberapa waktu mendalami tentang banyaknya kitab suci dan pengetahuan tentang agama lainnya. Kini, Sinead O'Connor mantap tampil berhijab dan juga mengubah namanya menjadi Shuhada.

5. Mike Tyson

Petinju kelas berat, siapa lagi kalau bukan Mike Tyson. (AFP/Bintang.com)

Siapa sih yang enggak kenal dengan Mike Tyson? Pria berbadan kekar ini adalah seorang petinju profesional asal Amerika. Berbagai prestasi ia torehkan berkat kerja kerasnya. Sayangnya, pria kelahiran 1966 ini punya titik terendahnya sebagai seorang publik figur.

Mike Tyson pernah masuk penjara karena skandal tindakan asusilanya. Selama tiga tahun tinggal di penjara, Mike Tyson menemukan pandangan baru dan memutuskan berpindah agama Islam. Bahkan, Mike dikabarkan menunaikan ibadah Haji selepas kebebasannya.

6. DJ Khaled

DJ Khaled (Sumber: Instagram/djkhaled)

Di dunia tarik suara, nama DJ Khaled pasti tak asing lagi bagi para penggemar lagu hiphop. DJ yang punya banyak karya itu ternyata juga seorang muslim. Dalam beberapa kesempatan, DJ Khaled kerapkali mengutarakan pendapatnya tentang statusnya sebagai seorang muslim.

Sayangnya, dirinya mengaku belum kuat untuk berpuasa karena aktivitasnya sebagai publik figur. Ia menceritakan bahwa ia pernah dehidrasi dan harus dilarikan ke rumah sakit. Terlepas dari hal itu, DJ Khaled selalu berusaha untuk melaksanakan kewajibannya sebagai muslim.

7. Halima Ayden

Inspirasi gaya Halima Ayden (Foto: Halima/ Instagram)

Untuk dunia modelling, ada Halima yang merupakan seorang model berhijab pertama yang Go International. Ya, Halima adalah seorang muslim yang mengaku selalu menunaikan ibadah puasa. Ketenaran Halima bermula dari gayanya sebagai seorang model profesional yang tetap mengenakan hijab dalam setiap pemotretan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menyamar Jadi Sosialita, Wanita Ini Terancam Dipenjara

Posted: 13 May 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanita asal Rusia ini terancam hukuman penjara setelah menipu banyak orang dengan cara berpura-pura jadi sosialita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jalani Sidang Lanjutan, Giliran Ratna Sarumpaet Diperiksa

Posted: 13 May 2019 09:49 PM PDT

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet memasuki ruangan untuk menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet memasuki ruangan untuk menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ratna Sarumpaet menuju kursi terdakwa dalam sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ratna Sarumpaet menuju kursi terdakwa dalam sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet berdiskusi dengan tim kuasa hukum disela menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet berdiskusi dengan tim kuasa hukum disela menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Majelis Hakim, Joni memimpin sidang lanjutan dengan terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Majelis Hakim, Joni memimpin sidang lanjutan dengan terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda pemeriksaan terhadap dirinya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris cantik, Atiqah Hasiholan menghadiri sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris cantik, Atiqah Hasiholan menghadiri sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris cantik, Atiqah Hasiholan menghadiri sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris cantik, Atiqah Hasiholan menghadiri sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Sidang tersebut dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bayi Tewas di Penitipan Anak, Polresta Denpasar Amankan Pemilik dan Perawat

Posted: 13 May 2019 09:48 PM PDT

Patroli, Denpasar - Polresta Denpasar menangkap pemilik sebuah tempat penitipan anak bernama Ni Made Sudiana Putri dan seorang perawatnya, Listiana, karena diduga bertanggung jawab atas kematian seorang bayi berusia tiga bulan.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (14/5/2019), korban tewas ketika berada dalam perawatan tersangka. Dari hasil penyelidikan polisi diketahui, usai bayi mengonsumsi susu, perawat menaruh bayi dalam posisi tengkurap dan meninggalkan korban untuk mengurus bayi lain.

Atas kelalaian yang menyebabkan bayi meninggal, polisi menjerat kedua tersangka dengan Pasal 76 B dan  77 B, Undang-Undang Perlindungan Anak.

Selain itu, mereka juga dijerat dengan Pasal 359 KUHP atas dugaan kelalaian yang ancaman pidana maksimalnya berupa penjara paling lama 5 tahun. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSS Sleman Vs Arema FC: Singo Edan Pantang Buat Kesalahan

Posted: 13 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Sleman - Arema FC akan menantang tuan rumah PSS Sleman pada laga pembuka Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/2019). Pelatih Arema FC, Milomir Seslija meminta para pemainnya tak melakukan kesalahan pada laga yang akan disiarkan di Indosiar ini.

Hal itu diminta Milo -sapaan akrab Milomir- usai Arema takluk 0-2 dari PSIS Semarang dalam laga ujicoba. "Jika kami ingin menang, makan kesalahan lawan PSIS tidak boleh terjadi lagi," kata Milo.

Milo menilai kekalahan Arema FC dalam laga tersebut terjadi karena kesalahan para pemainnya dalam mengantisipasi serangan PSIS. Para pemain Singo Edan -julukan Arema FC- dianggap Milo kurang baik dalam menghalau umpan silang tim lawan.

Permintaan Milo kepada skuat Arema FC rasanya bisa dimengerti. Pasalnya, Arema FC pasti membidik kemenangan di laga perdana demi memuluskan perjalanan mereka di musim ini.

Di awal musim, Arema FC sudah berhasil meraih trofi Piala Presiden 2019. Manajemen klub pun tentu berhasrat mengawinkan gelar itu dengan gelar juara Shopee Liga 1 2019.

Demi gelar itu, Arema FC sudah mendatangkan striker asal Belanda, Sylvano Comvalius yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak Liga 1 2017. Arema juga mempertahankan beberapa pemain kunci seperti Makan Konate dan Arthur Cunha.

 

 

Lupakan Kekalahan

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija (Bola.com/Yoppy Renato)

Milo menambahkan, para pemain Arema harus fokus menghadapi laga melawan PSS. Ia pun meminta, Konate dan kawan-kawan melupakan kekalahan melawan PSIS.

"Kebobolan dua gol menjadi gambaran yang bagus buat kami, sekarang kita lupakan kekalahan ini dan fokus mempersiapkan tim untuk menghadapi laga lawan PSS yang lebih penting," kata Milo mengakhiri.

Sumber: Wearemania

Jadwal PSS vs Arema FC

Rabu, 15 Mei 2019

20.30 WIB, PSS Sleman vs Arema FC

Stadion Maguwoharjo

Live Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Eggy Sudjana Ditangkap di Ruang Penyidik

Posted: 13 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Eggy Sudjana ditangkap saat diperiksa di ruang penyidik Polda Metro Jaya. Penangkapan dirinya dilakukan terkait kasus dugaan makar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ultimatum KPK untuk PNS dan Pejabat Negara yang Terima Gratifikasi Lebaran

Posted: 13 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta seluruh pejabat negara berhati-hati soal gratifikasi yang marak jelang Hari Raya Lebaran. Hal ini diutarakan KPK lewat surat edaran (SE) KPK No. B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019.

"Pada pokoknya kami mengimbau agar Pegawai Negeri dan Penyelenggara Negara tidak menerima gratifikasi terkait hari raya Lebaran," kata Jubir KPK Febri Diansyah lewat siaran pers, Jumat (10/5/2019).

Menurut KPK, nilai luhur dan tradisi untuk saling berbagi antara sesama khususnya pada hari raya jangan dijadikan alasan melakukan pemberian gratifikasi. Sebab, gratifikasi sangat mungkin menumpang pada peristiwa agama, adat istiadat atau bahkan petistiwa duka.

"Tindakan pertama yang diharapkan KPK adalah menolak jika ada pihak yang dipandang memiliki hubungan jabatan ingin memberikan gratifikasi," jelas Febri.

Namun, kendati berada dalam kondisi tidak memungkinkan untuk menolak, KPK mengatakan penerimaan gratifikasi tersebut wajib dilaporkan pada KPK dalam jangka waktu 30 hari sejak tanggal penerimaan gratifikasi.

"Jika berada dalam seperti pemberian dilakukan secara tidak langsung atau ada resiko-resiko lain, maka bisa dilapor ke KPK dalam jangka waktu 30 hari sejak tanggal penerimaan," Febri menandasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadikan Liburanmu Berkesan di Canberra dengan Mengunjungi 5 Tempat Ini

Posted: 13 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Ibu Kota Negara Australia, Canberra tidak hanya penuh dengan pemandangan gedung-gedung pemerintahan. Nyatanya, Canberra sebagai kota ke-tiga yang paling banyak dikunjungi pada 2018 versi lonely planet, memiliki segudang tempat wisata yang begitu menarik untuk dikunjungi, baik sendiri maupun bersama teman atau keluarga. Misalnya, taman, museum, atau tempat makan.

Beragamnya pilihan tempat wisata ini menjadikan Canberra sebagai salah satu kota di Australia yang dikunjungi banyak turis mancanegara, termasuk Indonesia. Data dari canberra.com.au menunjukkan bahwa jumlah turis asing yang datang ke sana pada 2017, mencapai 230 ribu orang.

Apabila Anda juga tertarik berkunjung ke Canberra, sebaiknya Anda mencari tahu dulu tempat-tempat wisata menarik yang ada di sana. Yuk, siapkan itinerary-mu dan catat lima tempat wisata di Canberra yang sudah liputan6.com rangkum!

1. Balon Udara

Wisata balon udara di Canberra (foto: dok. shutterstock.com)

Rasakan pengalaman tak terlupakan naik balon udara di Canberra. Menggunakan balon udara Aloft bersama pilot yang memiliki sertifikat kelaikan terbang dari Civil Aviation Safety Authority (CASA). Selama 45 menit, Anda bisa menyaksikan pemandangan obyek terkenal di Canberra, seperti ANZAC Parade Walk, Telstra Tower, dan Mount Ainslie dari ketinggian 3.000 kaki.

2. Australian War Memorial

Australian War Memorial Canberra (foto: shutterstock.com)

Ada beberapa tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi di Canberra, salah satunya adalah Australian War Memorial. Di tempat ini, Anda bisa menyusuri gedung bersejarah sambil mengenang jasa para pahlawan. Anda juga bisa membaca kisah perjuangan mereka yang begitu mengharukan melalui berbagai koleksi pameran yang begitu informatif. Terdapat pula koleksi perangkat keras militer, seperti pesawat pembom yang terkenal Lancaster, G for George.

3. Danau Burley Griffin

Danau Burley Griffin di Canberra (foto: shutterstock.com)

Di Canberra, ada tempat ikonik yang bisa Anda manfaatkan untuk istirahat sejenak dari keramaian kota dan terhubung lagi dengan alam. Tepatnya, di Danau Burley Griffin. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat matahari terbenam. Pemandangan matahari tenggelam berwarna keemasan dengan latar belakang perairan berkabut, akan sulit untuk dilupakan. Penggemar olahraga juga bisa memanfaatkan lokasi ini untuk berlari, mendayung, atau bersepeda, lho.

4. Jamala Wildlife Lodge

Jamala Wildlife Lodge di Canberra (foto:shutterstock.com)

Banyak penginapan bagus yang dapat Anda temui di Canberra. Namun, Jamala Wildlife Lodge dapat memberikan Anda sensasi menginap yang berbeda. Bagaimana tidak, akomodasinya berada di dalam lingkungan kebun binatang dan Aquarium National. Anda bisa berinteraksi langsung dengan para hewan penghuni, mulai dari mandi bersama hingga memberikan makanan kepada para hewan secara langsung dari balkon tempat Anda menginap.

5. Questacon

Questacon, tempat wisata anak di Canberra (foto: questacon.edu.au)

Bagi Anda yang berlibur ke Canberra bersama anak, ada tempat seru untuk belajar sains dan teknologi yang patut dikunjungi, nih. Tepatnya di Questacon, pusat ilmu pengetahuan dengan ratusan koleksi pameran  permanen. Di sana, Anda dan si kecil bisa belajar tentang seluk beluk cahaya dan suara, serta merasakan simulasi gempa. Khusus pada tahun ini, Questacon juga menghadirkan ekshibisi Spiders yang menampilkan 200 spesies arachnida, termasuk tarantula hidup Australia, jaring corong, laba-laba punggung merah, dan laba-laba air raksasa. Jangan sampai kelewatan!

Nah, itu adalah lima tempat yang patut Anda kunjungi saat berkunjung ke Canberra. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang tempat-tempat wisata lain di Canberra yang tak kalah menarik, Anda bisa melihatnya di sini.

Setelah punya itinerary-nya, Anda bisa segera memesan tiket pesawatnya. Salah satu maskapai penerbangan yang melayani rute ke Canberra adalah Singapore Airlines yang terbang tujuh kali seminggu. Rute ini diterbangi dengan tipe pesawat 777-300ER yang telah dilengkapi kabin generasi baru di semua kelas kabin perjalanan. Jadi, kamu bisa merasakan kenyamanan, baik di kabin First Class, Business Class, maupun Economy Class.

Kabin yang nyaman di dalam pesawat Singapore Airlines tipe  777-300ER (foto: shutterstock.com)

Kabin Business Class yang baru menawarkan sandaran lebih besar hingga 132 derajat, dengan bantalan kursi ergonomis yang ditingkatkan. Dua posisi tempat duduk baru telah diperkenalkan - 'Lazy Z' dan 'Sundeck' - memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi pelanggan untuk memilih cara yang mereka sukai untuk bekerja atau bersantai. Saat dikonversi, kursi ini bisa menjadi tempat tidur datar dengan panjang 78 inci, lho. Bahkan, para penumpang juga disediakan bantal yang empuk untuk meningkatkan kenyamanan. Ruang penyimpanannya juga lebih banyak karena ditambah dengan fasilitas area penyimpanan di konsol samping serta dilengkapi area penyimpanan laptop.

Sementara itu, Economy Class yang baru juga memberikan kenyamanan tambahan dengan peningkatan ruang pribadi dan ruang kaki. Kursinya juga dilengkapi dengan sandaran punggung yang baru dengan bantalan samping. Sebagai tambahan, sandaran kepala yang dirancang secara ergonomis memungkinkan penyesuaian ketinggian untuk penyangga leher yang lebih nyaman.

Selain tempat duduk yang super nyaman, Singapore Airlines juga menawarkan layanan menu makanan spesial yang bisa dipesan oleh penumpang 48 jam sebelum keberangkatan karena alasan alergi, agama, diet, atau untuk anak-anak. Setiap makanan dimasak dengan penyesuaian suhu kabin, sehingga makanan tetap terasa nikmat walaupun dikonsumsi di atas 30 ribu kaki.

Changi Airports di Singapura (foto: shutterstock.com)

Saat terbang menuju Canberra, Anda akan transit di Singapura. Tak perlu khawatir memikirkan harus menghabiskan waktu seperti apa di sini, karena Anda transitnya di salah satu bandara penghubung terbesar di Asia Tenggara, yaitu Changi Airport. Bandara ini telah meraih predikat World's Best Airport dari Skytrax selama enam tahun berturut-turut.

Banyak yang bisa Anda lakukan ketika Anda transit di Changi Airport. Anda bisa berkunjung ke butterfly garden, cinema 24 jam, entertainment deck, atau Anda dapat bergabung dengan Free Singapore Tour (FST) jika waktu transit Anda lebih dari 5,5 jam. Saat tur, Anda dapat mengunjungi berbagai tempat menyenangkan di Singapura seperti Merlion park, Chinatown, dan Little India. Untuk mendaftarkan diri dalam tur ini, Anda cukup membawa paspor, boarding pass ke booth yang tersedia di terminal 2 dan 3. Peserta harus mendaftar paling lambat 75 menit sebelum tur dimulai. Jadwal dan rencana perjalanan FST bisa dilihat di sini.

Asiknya lagi, penumpang Singapore Airlines dan SilkAir dapat menukar Changi Dollar Voucher senilai 20 dollar Singapura yang bisa dipakai untuk berbelanja di 360 lebih gerai ritel di tiga terminal kelas dunia. Dijamin waktu transit Anda akan jadi lebih seru!

Yuk, cek promo dan beli tiketnya ke Canberra di sini!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikabarkan Pacaran, Ini 6 Potret Kedekatan Bastian Steel dan Shafa Harris

Posted: 13 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Bastian Steel melambung sejak dirinya bergabung di boyband cilik Coboy Junior beberapa tahun silam. Lepas dari grup yang sudah membesarkan namanya, kini Babas (sapaan akrabnya) disibukkan dengan aktivitasnya menyanyi. Tak hanya prestasinya yang dilihat publik, kehidupan pribadi Babas juga tak lepas dari sorotan.

Beberapa wanita cantik digosipkan pernah singgah di hatinya, yang terbaru ia dikabarkan tengah berpacaran dengan Shafa Harris. Nama Shafa memang tidak asing di telinga, putri Sarita Abdul Mukti itu dulunya pernah berseteru dengan Jennifer Dunn di sebuah mall.

Lewat beberapa unggahannya di Instagram, Bastian Steel sempat menjadi sorotan netizen. Ya, karena foto bareng bersama Shafa Harris. Maka tak heran banyak yang penasaran dengan hubungan mereka. Memang mereka tidak membantah jika tengah saling dekat.

Namun saat ditanya sudah pacaran atau belum, tampaknya mereka masih malu-malu mengakui. Berikut Liputan6.com rangkum 6 potret kedekatan Bastian Steel dan Shafa Harris yang dikabarkan pacaran dan menjalin kasih, Selasa (14/5/2019).

1. Bastian kerap kali mengunggah foto kedekatannya dengan Shafa Harris

View this post on Instagram

U uh 🤒 #cheeseburger

A post shared by Bastiansteel (@bastiansteel) on

2. Kedekatan mereka berdua memang sudah terjalin sejak lama

View this post on Instagram

#avengersendgame

A post shared by Bastiansteel (@bastiansteel) on

3. Sempat dikabarkan pacaran, namun keduanya masih bungkam memberikan penjelasan

View this post on Instagram

🤥 #cheeseburger

A post shared by Bastiansteel (@bastiansteel) on

4. Bastian dan Shafa juga kerap kali habiskan waktu bareng

View this post on Instagram

Gemayyy💓#bolongang

A post shared by Bastian Steel❤️👑 (@bstarzlonn_ofc) on

5. Dalam beberapa momen mereka tak sungkan untuk memamerkan kemesraannya

View this post on Instagram

Pancake💓#bolongang #cheeseburger

A post shared by Bastian Steel❤️👑 (@bstarzlonn_ofc) on

6. Apakah mereka benaran pacaran?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Fitrie Kirana Gemas Banyak Penipuan Berkedok Pinjaman Online

Posted: 13 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ade Fitrie Kirana menyoroti menjamurnya modus penipuan berkedok pinjaman online. Bintang sinetron Islam KTP SCTV ini menilai kehadiran layanan yang seharusnya menjadi solusi untuk masalah keuangan masyarakat malah menimbulkan banyak keresahan.

Menurut Ade Fitrie Kirana, masyarakat mengeluhkan akan bunga yang kelewat tinggi dan proses penagihan yang tak manusiawi.

"Miris mendengar semakin banyak memakan korban sampai bunuh diri akibat tak sanggup membayar cicilan dikarenakan stres hadapi penagih hutang. Saya pribadi gemas sekali mendengar berita dan informasi semacam itu," kata Ade Fitrie Kirana kepada Showbiz Liputan6.com, Selasa (14/5/2019).

Artis yang kini banyak terlibat dalam kegiataan kemanusiaan dan sosial ini mengimbau masyarakat agar tak mudah menjadikan pinjaman online sebagai solusi masalah keuangan.

 

 

Bayar Utang Tepat Waktu

Ade Fitrie Kirana. (Istimewa)

Ia menyarankan agar masyarakat mencari jalan lain sebelum memutuskan meminjam uang melalui aplikasi pinjaman online. Apalagi, kata Ade Fitrie Kirana, soal menyanggupi soal kewajiban pembayaran tepat waktu.

"Supaya kita tak terjebak dalam penipuan berkedok aplikasi pinjaman online, kita harus jeli dalam melihat ciri-ciri perusahaan rentenir online dengan melakukan beberapa hal, misalnya lihat dan bandingkan bunga yang ditetapkan," dia menjelaskan.

 

Cermati Pengawasan

Ade Fitrie Kirana (Istimewa)

Ade Fitrie Kirana juga meminta masyarakat yang ingin menggunakan aplikasi pinjaman online melihat status pengawasan terlebih dulu.

"Tak semua aplikasi pinjaman online itu berisiko dan membahayakan. Sebab, sebagian besar aduan konsumen tentang layanan pinjaman online datang dari penyedia pinjaman yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia," dia melanjutkan.

Otoritas Jasa Keuangan di sini, sambungnya, berperan sebagai regulator yang mengawasi berjalannya perusahaan di bidang jasa keuangan, termasuk perusahaan teknologi finansial (tekfin). Berdasarkan peraturan OJK, seluruh perusahaan tekfin harus mencatatkan perusahaannya agar bisa beroperasi secara legal. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Tanya Kenapa Berbohong Dianiaya, Ratna Sarumpaet: Itu yang Masuk Akal

Posted: 13 May 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sidang lanjutan kasus penyebaran kabar bohong dengan terdakwa Ratna Sarumpaet digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Giliran majelis hakim mendengarkan kesaksian terdakwa dalam persidangan kali ini.

Dalam persidangan hari ini, Selasa (14/5/2019), majelis hakim mencecar kronologi skenario Ratna Sarumpaet membuat kabar bohong penganiayaan usai operasi plastik yang keempat kalinya di RS Bina estetika, Menteng, Jakarta Pusat.

Terdakwa diminta menjelaskan awal mula tindakan medis yang dilakukan Ratna tersebut. Dalam paparannya, terungkap bahwa Ratna sudah menjalani empat kali operasi plastik sejak usia 65 tahun. Sepanjang operasi tersebut, dia tidak pernah memberitahukan kepada keluarga, anak atau menantu.

"Saya malu, saya berusaha menutupi. Jadi waktu saya berangkat meninggalkan rumah ke Bina (RS Bina Estetika), saya mengatakan ke Bandung," beber Ratna di persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019).

Sepanjang operasi tersebut dokter juga menjelaskan dampak dan perbedaan dari setiap operasi. Memang, ada perbedaan mencolok dari operasi terakhir. Ratna Sarumpaet pun terkejut dengan hasilnya.

 

Kenapa Bohong Dianiaya?

Lantas, "kenapa dikatakan dianiaya?" tanya hakim.

"Karena bentuk yang merusak, yang paling masuk akal penganiayaan," kata Ratna menjawab pertanyaan hakim.

"Kenapa tidak bilang habis operasi. Kan legal. kecuali gugurkan kandungan?" cecar hakim lagi.

"Mungkin karena saya panik," jawab Ratna lagi.

Tidak berhenti di situ, hakim terus mencecar Ratna mengenai motif Ratna menyebut penganiayaan dan tidak berterus terang kepada keluarga dan kerabatnya.

"Saya enggak tahu kenapa saya begitu. Apa sebab saya mengatakan itu," kata Ratna.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencairan THR PNS Daerah Bakal Lebih Cepat?

Posted: 13 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan surat permohonan revisi terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 Tahun 2019 terkait Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Surat yang ditujukan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan kedua PP tersebut berpotensi menghambat pemberian gaji, pensiun atau tunjangan ke-13 dan THR, sehingga tidak tepat waktu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu, Nurfransa Wira Sakti mengatakan, dengan adanya surat ini, proses pencairan THR akan berjalan lebih cepat dari yang ditargetkan.

"Dengan adanya surat ini, justru diharapkan dapat mempercepat proses pencairan THR bagi pegawai Pemda," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Sehingga, lanjut dia, tidak perlu ada kekhawatiran dari para PNS di daerah jika pencairan THR akan molor dari target semula.

"Sehingga diharapkan tidak akan tertunda," kata dia.

Menurut Frans, nantinya payung hukum untuk pencairan THR di daerah ini tidak akan menggunakan Peraturan Daerah (Perda) tetapi melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

‎"(Melalui) Perkada," tandas dia.

THR PNS Cair Paling Cepat 10 Hari Sebelum Lebaran

Ilustrasi uang. (via: istimewa)

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada 9 Mei 2019 telah menandatangani Peraturan Menteri Keuangan (PM) Nomor 58/PMK/05/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Dalam PMK ini disebutkan, Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan yaitu sebesar penghasilan satu bulan pada dua bulan sebelum Hari Raya. 

Penghasilan sebagaimana diberikan:

a. PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja;

b. Penerima Pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan; dan

c. Penerima Tunjangan meliputi menerima tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Penghasilan sebagaimana dimaksud, menurut PMK ini, tidak termasuk jenis tunjangan bahaya, tunjangan resiko, tunjangan pengamanan, tunjangan profesi atau tunjangan khusus guru dan dosen atau tunjangan kehormatan, tunjangan selisih penghasilan, tunjangan penghidupan luar negeri, dan tunjangan lain yang sejenis dengan tunjangan kompensasi atau tunjangan bahaya serta tunjangan intensif," bunyi Pasal 3 ayat (11) PMK ini, dikutip dari laman Setkab, Minggu (12/5/2019).

"Penghasilan sebagaimana dimaksud tidak dikenakan potongan iuran dan/atau potongan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi Pasal 3 ayat 13 PMK ini.

 

Pejabat yang Bisa Menerima

BKN Jelaskan Ketentuan Cuti Lebaran Bagi PNS

Ketentuan pemberian THR dalam Peraturan Menteri ini, menurut PMK ini, berlaku juga untuk:

a. pejabat lain yang hak keuangannya disetarakan atau setingkat:

1. Menteri; dan

2. Pajabat Pimpinan Tinggi;

b. Wakil Menteri atau jabatan setingkat Wakil Menteri;

c. Staf Khusus di lingkungan Kementerian;

d. Hakim Ad Hoc; dan

e. pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian/pejabat yang memiliki kewenangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Tunjangan Hari Raya untuk PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal Hari Raya," bunyi Pasal 9 ayat (1) PMK ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1 2019: Arema FC Tak Mau Jemawa Lawan PSS Sleman

Posted: 13 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arema FC akan menghadapi PSS Sleman pada laga perdana Shopee Liga 1 musim 2019. Pertandingan yang rencananya akan disiarkan langsung oleh Indosiar ini, akan dihelat di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (15/5/2019).

Kendati lawan yang akan mereka hadapi berstatus debutan di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Arema FC tak mau jemawa jelang laga kontra PSS Sleman. Tim berlogo singa mengepal ini menegaskan bahwa lawan mereka sama sekali tak bisa dipandang remeh.

"Memang, mereka berasal dari Liga 2. Namun, saat ini, mereka berada di Liga 1. Jangan lupa hal tersebut," ucap asisten pelatih Arema FC, Kuncoro.

"Saat ini, dari mana asal mereka bukan lagi hal yang utama. Mereka sudah membuktikan diri sebagai tim yang saat ini posisinya setara dengan tim-tim lain di Liga 1," sambungnya.

Bagi Arema FC dan PSS Sleman, laga ini bisa dibilang spesial. Pasalnya, pertandingan ini bukan sekadar pertandingan pertama kedua tim di kompetisi musim ini. Laga adalah pertandingan pembuka Shopee Liga 1 musim 2019.

Tim Pembunuh Raksasa

Lebih lanjut, Kuncoro menyebut bahwa PSS Sleman sudah membuktikan diri mereka. Salah satunya, skuat besutan Seto Nurdiantoro ini sukses menyingkirkan Barito Putera pada laga Babak 32 Besar Piala Indonesia 2019 lalu.

"Barito pun kalah dari PSS Sleman. Ini merupakan bukti PSS adalah tim kuat," ujar Kuncoro.

"Padahal, kita sama-sama tahu, Barito Putera adalah tim mapan yang punya banyak pemain bintang," ia menambahkan.

Andalkan Kerja Sama Tim

Menurut Kuncoro, PSS Sleman mempunyai satu hal yang menjadi kekuatan mereka. Hal tersebut, sambungnya, adalah kerja sama tim Arsyad Yusgiantoro dan kawan-kawan.

"Kerja sama tim mereka sangat bagus," puji pelatih berusia 46 tahun tersebut.

"Selain itu, saya juga melihat bahwa mereka merupakan tim yang sudah matang dan sangat siap menjalani kompetisi," ia menandaskan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Setya Novanto Jadi Saksi Tersangka Sofyan Basir

Posted: 13 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Ketua DPR Setya Novanto terkait perkara yang menjerat Dirut nonaktif PT PLN Sofyan Basir. Sofyan sendiri sudah menjadi tersangka kasus korupsi terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1.

"Dipanggil dengan kapasitasnya sebagai saksi atas tersangka SFB (Sofyan Basir)," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Selasa (14/5/2019).

Sebelumnya, KPK menetapkan Direktur Utama nonaktif PLN Sofyan Basir sebagai tersangka. Sofyan diduga menerima hadiah atau janji terkait pembangunan PLTU Riau-1.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menjelaskan, Sofyan melakukan penunjukan langsung ke perusahaan Johannes Kotjo untuk menggarap proyek tersebut.

"SFB diduga menerima janji," ujar Saut dalam konferensi pers yang digelar di KPK, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Menurut dia, Dirut PLN Sofyan Basir menunjuk perusahaan Johannes Kotjo setelah melakukan sejumlah pertemuan sejak Oktober 2015. "SFB menunjuk perusahaan Johannes Kotjo untuk mengerjakan proyek PLTU Riau-1," kata Saut.

 

Ajukan Praperadilan

Dia juga menyuruh salah satu direktur di PT PLN untuk berhubungan dengan Eni M Saragih dan Johannes Kotjo. SFB pun menyuruh salah satu direktur di PLN untuk memonitor karena ada keluhan dari Kotjo tentang lamanya penentuan proyek PLTU Riau-1 SFB membahas bentuk dan lama kontrak antara CHEC dengan perusahaan konsorsiun.

Atas penetapan status tersangka itu, Sofyan Basir mengajukan permohonan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sofyan resmi mengajukan praperadilan pada Rabu 8 Mei 2019 dengan nomor perkara 48/Pid.Pra/2019/PN.JKT.SEL terhadap termohon, yakni Komisi Pemberantasan Korupsi c.q. pimpinan KPK dengan klarifikasi perkara sah atau tidaknya penetapan tersangka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intel: Laptop Lipat Hadir Dua Tahun Lagi

Posted: 13 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Intel meyakini laptop dengan layar yang bisa dilipat akan hadir dalam waktu dua tahun mendatang. Perusahaan microprocessor PC ini pun tengah mengeksplorasi teknologi layar dengan para vendor panel dan pengguna.

"Kami berusaha mencoba dan memahami kemampuan, serta batasan teknologi ini (lipat)," tutur General Manager of Mobile Innovation Intel, Joshua D. Newman, seperti dikutip dari Nekkei Asian Review, Selasa (14/5/2019).

Dijelaskannya, Intel melihat ada potensi teknologi layar lipat untuk mengubah pengalaman pengguna laptop. Namun, penelitian yang mencakup elemen tepat untuk pengguna (end user), masih dalam tahap awal.

Intel juga sedang meneliti teknologi tersebut bersama para pembuat layar global ternama, seperti LG Display, BOE Techhnology Group, Sharp, dan Samsung Display.

Kesulitan pengembangan teknologi ini, kata Newman, setidaknya akan memakan waktu dua tahun untuk membuat laptop lipat menyambangi konsumen.

Kendati demikian, jika penelitian menunjukkan pengalaman pengguna yang positif, maka Intel dan para mitra ekosistemnya akan mempercepat pengembangan produk tersebut.

Tumbuhan Industri PC

Tampak smartphone layar lipat Huawei Mate X. (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)

Kehadiran laptop lipat sendiri diharapkan dapat "menghidupkan kembali" industri PC.

Industri PC mendominasi pasar elektronik konsumen pada 1990-an dan 2000-an, tapi pengapalan global mengalami penurunan selama tujuh tahun berturut-turut sejak 2012 di tengah pertumbuhan tablet dan smartphone.

Di Intel, bisnis terkait PC masih menyumbang lebih dari 50 persen untuk pendapatan perusahaan pada kuartal I 2019.

Perangkat layar lipat bukan lagi hal yang mustahil. Saat ini, ada dua smartphone lipat yang sudah diumumkan oleh Samsung dan Huawei. Menurut laporan, akan semakin banyak smartphone lipat meluncur seiring waktu dan perkembangan teknologinya.

(Din/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: