Minggu, 05 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan

Posted: 05 May 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film Avengers: Endgame yang telah dirilis pada 24 April lalu masih menjadi pembicaraan hangat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Memasuki minggu kedua sejak penayangan perdananya, pembahasan mengenai karakter-karakter Avengers terus muncul di linimasa media sosial oleh warganet.

Bagaimana tidak Avengers: Endgame sukses menjadi film yang paling diburu pada bulan ini. Kursi-kursi bioskop bahkan sampai penuh hingga paling depan saat pemutaran perdananya. Bahkan, hype film Marvel ini masih terasa hingga bulan Ramadan pada tahun ini. Terbukti, banyak warganet yang mengunggah komentar dan meme lucu Avengers: Endgame yang berkaitan dengan Ramadan.

Datangnya bulan suci bagi umat muslim ini memang berdekatan dengan pemutaran film yang satu ini. Menariknya, unggahan dari warganet ini bisa bikin ketawa. Yang terbaru, bertepatan dengan bulan Ramadan yang akan jatuh pada awal Mei, muncul meme kocak yang menunjukkan para karakter Avengers dijadwalkan mengisi kajian Ramadan.

Nama kajiannya pun dipelesetkan dari kata "Endgame" menjadi Majelis Ending Zaman alias akhir zaman. Dalam poster tersebut, setiap karakter Avengers menjadi pemateri kajian yang berbeda-beda sesuai dengan bidang yang ia kuasai.

Berikut Liputan6.com rangkum begini jadinya kalau 7 superhero Avengers jadi pemateri kajian Ramadan dari akun Twitter @WatchmenID, Senin (6/5/2019).

1. Bagi yang nonton filmnya, pasti paham maksud judul dari kajian ini

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

2. Tema kajian yang menarik dari Ustaz Thaur Al-Asgardi alias Thor

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

3. Dr. Stephen Al-Ghuroba akan mengisi kajian dengan tema ruqyah dan hal gaib

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

4. Belajar bersama dengan Prof. Brusy Al-Banna dalam mengendalikan amarah

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

5. Memanah itu sunnah

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

6. Ustaz Tsala Al-Wakandawi mengisi kajian dengan tema negeri baldatun thoyibah

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

7. Captain America dengan tema menjadi pemimpin amanah

Begini Jadinya Kalau 7 Superhero Avengers Jadi Pemateri Kajian Ramadan (sumber:Twitter/@WatchmenID)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dimulai Hari Ini, Bawaslu Harap Rekapitulasi Pemilu Luar Negeri Cepat Selesai

Posted: 05 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan berharap rekapitulasi suara Pemilu 2019 di luar negeri segera selesai. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak memiliki waktu banyak untuk merampungkan rekapitulasi suara tingkat nasional.

Sementara pada 22 Mei 2019, KPU harus mengumumkan hasil penghitungan suara Pemilu 2019 secara menyeluruh.

"Mudah-mudahan KPU bisa merampungkan sesuai target yang telah ditentukan. Yaitu pada delapan Mei. Kami juga berharap bisa secepatnya selesai," ujar Abhan dalam keterangan tertulis di halaman resmi bawaslu.go.id, Senin (6/4/2019).

Abhan menyambut baik rencana KPU yang akan menggelar rapat pleno rekapitulasi suara pemilu luar negeri mulai hari ini. Rekapitulasi akan berlangsung di ruang sidang lantai 2 dan di tenda halaman parkir gedung KPU.

"Semoga ini memudahkan proses rekapitulasi. Semakin banyak yang bisa diselesaikan," harapnya.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Fokus Rekapitulasi

Ketua KPU RI, Arief Budiman (tengah) memimpin rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, Jakarta, Minggu (5/5/2019). Rapat dihadiri partai politik, timses Capres/Cawapres dan Bawaslu. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sejauh ini, sebanyak 13 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) telah merampungkan penghitungan. Jumlah tersebut masih terbilang sedikit dengan total keseluruhan sebanyak 130 PPLN.

Abhan meminta kepada semua pihak yang hadir dalam pleno untuk tidak membahas hal-hal di luar proses rekapitulasi.

"Seperti menanyakan formulir C1 dan sebagainya. Sebaiknya harus fokus substansi rekapitulasi saja. Jangan melebar kemana-mana," pungkasnya.

 

Reporter: Dewi Larasati

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Terduga Teroris di Bekasi Meninggal dengan Meledakkan Diri

Posted: 05 May 2019 10:03 PM PDT

Fokus, Bekasi - Detasemen 88 Anti Teroris menangkap dua terduga teroris di Jalan Haji Muhammad Idrus, Jati Asih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu pagi, 5 Mei 2019. 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (6/5/2019), salah satu terduga berinisial TR meninggal dunia dengan meledakkan diri di areal pemakaman keluarga ini saat akan dibekuk. 

Sementara, seorang lainnya berinisial SM tertembak di bagian paha. Kedua lelaki itu diduga merupakan kelompok jaringan Lampung.

Polisi sebelumnya menggerebek kelompok ini di sebuah ruko yang menjadi tempat perbaikan barang elektronik yang juga menjadi tempat tinggal keduanya di Babelan, Bekasi. Namun, mereka berhasil meloloskan diri. Dari hasil pelacakan, keduanya ditemukan berada di kawasan Jati Asih.

Dalam operasi ini polisi mengamankan lima kantong berukuran besar yang diduga adalah bahan peledak milik kelompok teroris ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Puasa, Rupiah Melemah ke Posisi 14.308 per Dolar AS

Posted: 05 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari pertama puasa, Senin (6/5/2019).

Berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah 26 poin atau 0,18 persen ke posisi 14.308 per dolar AS pada Senin 6 Mei 2019 dari periode Jumat 3 Mei 2019 di kisaran 14.282 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan data Bloomberg, rupiah dibuka menguat Rp 140 ke posisi 14.125 per dolar AS dari penutupan pekan lalu di kisaran 14.265 per dolar AS.

Pada Senin siang, rupiah melemah 0,46 persen ke posisi 14.331 per dolar AS. Rupiah pun bergerak di kisaran 14.125-14.331 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsi menuturkan, pelemahan rupiah terhadap dolar AS terjadi seiring Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali memberlakukan kenaikan tarif pada pekan ini.

"Perjanjian dagang antara AS-China yang sudah berlangsung sejak pertengahan Februari lalu dinilai Presiden AS Trump sebagai sangat lambat kemajuannya, dan ia kembali mengancam China untuk memberlakukan tarif impor terhadap barang-barang impor dari China senilai USD 200 miliar mulai pekan depan," kata dia seperti dikutip dari laman Antara, Senin pekan ini.

Ancaman terhadap China itu, merupakan upaya Trump untuk menekan segera terealisasinya perjanjian dagang itu. Trump menyebutkan, ada upaya China untuk menarik beberapa kesepakata sebelumnya dan melakukan renegosiasi.

"Kendati ancaman ini sebagai upaya Trump memaksa China untuk segera sepakat, namun pasar merespons negatif pernyataan Trump tersebut," ujar dia.

Mata uang Asia mayoritas melemah terhadap dolar AS. Yuan melemah 0,97 persen, dolar Hong Kong 0,01 persen, Won 0,72 persen, dolar Singapura 0,35 persen dan Baht 0,19 persen. Sedangkan menguat terhadap dolar AS 0,54 persen.

Lana prediksi, rupiah masih berpotensi menguat menuju kisaran antara Rp 14.240 per dolar AS-Rp 14.260 per dolar AS.

 

Nilai Tukar Rupiah pada Pekan Kemarin

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) cenderung melemah menyambut akhir pekan.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), Jumat 3 Mei 2019, rupiahmelemah 37 poin atau 0,25 persen ke posisi 14.282 per dolar AS dari periode 2 Mei 2019 di kisaran 14.245 per dolar AS.

Demikian juga berdasarkan data Bloomberg. Rupiah melemah 0,20 persen ke posisi 14.280 per dolar AS pada Jumat siang ini. Pada awal pembukaan, rupiah melemah 14 poin ke posisi 14.265 per dolar AS dari penutupan perdagangan Kamis kemarin 14.251 per dolar AS. Rupiah bergerak di kisaran 14.265-14.286 per dolar AS.

"Pagi ini mata uang kuat Asia utama, yen dan dolar Hong Kong dibuka melemah terhadap dolar AS yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah," ujar Ekonom PT Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih, seperti dikutip dari laman Antara, Jumat pekan ini.

Dari eksternal, bank sentral Amerika Serikat atau the Federal Reserve masih pertahankan suku bunga pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 30 April-1 Mei 2019 lalu pada level 2,25 persen-2,5 persen di tengah data ekonomi AS yang kembali solid.

Angka pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 tercatat 3,2 persen (tahun ke tahun) dengan angka ketenagakerjaan yang masih menguat.

Sentimen konsumen AS pada April direvisi lebih tinggi, mengkonfirmasi pengeluaran konsumen AS yang mencatatkan angka tertingginya selama 9,5 tahun terakhir. Indeks manufaktur dari the Markit juga naik, walaupun survei ISM mencatat aktivitas pabrik tumbuh terendah dalam 2,5 tahun terakhir.

"The Fed memberikan sinyal bersabar untuk kebijakan selanjutnya, menunggu perkembangan data-data. Sebelumnya The Fed dalam notulensi untuk FOMC Maret menyebutkan, tahun ini the Fed tidak menaikkan suku bunganya," kata dia.

Ia prediksi, nilai tukar rupiah akan bergerak melemah menuju kisaran Rp 14.260 per dolar AS-Rp 14.280 per dolar AS.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Kopi Papua sampai Tersaji di Deretan Kafe Kota Besar

Posted: 05 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Secangkir kopi arabika Papua tersaji. Kepulan asapnya samar terlihat di tengah nyaman suasana kafe. Harum aroma dengan kecapan rasa asam dan pahit yang pas ini ternyata telah mengalami perjalanan panjang sampai tersaji di depan para penikmatnya di kota-kota besar.

Master Trainer Kopi Arabika Nasional Hanok Herison bercerita bagaimana sulitnya menghasilkan kopi Papua yang berkualitas. Pasalnya, yang harus diubah demi memenuhi kebutuhan pasar adalah kebiasaan warga dalam mengolah komoditas satu ini.

"Masyarakat Papua, termasuk di Kabupaten Paniai, Deyiai, dan Dogiyai, tidak familiar dengan bagaimana mengolah kopi. Sejak diperkenalkan Belanda di tahun 60-an, mereka hanya ambil biji kopi merah yang sudah jatuh dari pohon, dijemur, lalu dijual," katanya dalam acara Mengenal Kopi Papua di Kedai Kopi Alenia, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Mei 2019.

Awalnya, kata Hanok, petani kopi di tiga kabupaten tersebut menjual biji kopi pada misionaris. Tapi, karena pengusiran pada misionaris, mereka tak punya pasar. Alhasil, produksi kopi mengalami penumpukan dan akhirnya dimusnahkan.

"Waktu itu sampai ada 10-20 ton. Akhirnya (kopi) dihancurkan karena tidak laku," tuturnya. Sejak itu, produksi kopi Papua kian terseok. Kebanyakan petani mulai beralih profesi dan hanya sedikit dari mereka yang bertahan.

Mengingat topografi wilayah sekitar, bertahan jadi petani kopi saat melakukan distribusi juga tak mudah. Mereka harus berjalan berhari-hari demi mencapai pasar dan menjual kopi. "Itupun belum tentu ada yang beli," ujar Hanok.

Konflik di Tengah Produksi Kopi

Kopi arabika produksi Kabupaten Deiyai, Papua. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Produksi kopi Papua juga mengalami kendala lain, yakni aksi pembelotan para petani. Mereka menolak jadi petani kopi dan bersikeras bekerja di kebun kelapa sawit yang notabene memberi penghasilan lebih tampak.

Padahal, ladang kelapa sawit memiliki efek samping berupa perusakan lingkungan Papua. "Sekarang tinggal lah bapa dan mama di depan sini yang terus bertahan walau penjualan kopi sempat tidak menjanjikan," tutur Hanok.

Sejak mengenal teknologi kopi yang baik sejak 2015, yayasan tempat Hanok bekerja aktif mengadakan pelatihan pada para petani kopi. Masuk-keluar kampung, pelatihan yang sekarang sudah berjalan adalah pemasangan penjemuran bagi 50 petani kopi di Kabupaten Paniai, Deyiai, dan Dogiyai.

Kendala Produksi Kopi Papua

Master Trainer Kopi Arabika Nasional Hanok Herison (kiri) dan Staff Bentara Papua Albert Yomo (kanan) di acara Mengenal Kopi Papua di Kedai Kopi Alenia, Kemang, Jakarta Selatan, 3 Mei 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Hanok bercerita, awalnya para petani kopi sempat menyuarakan protes, lantaran proses yang diajarkan dianggap rumit. Tapi, Hanok memberi penjelasan bahwa tahapan tersebut akan meningkatkan kualitas kopi dan membuat harganya otomatis lebih tinggi.

Protes serupa, dituturkan staff Bentara Papua Albert Yomo, juga sempat dilakukan para petani kopi di Manokwari. "Caranya, akhirnya kami beli dulu. Kami roasting dan segala macam, bawa balik ke sana. Warga lihat hasilnya, lalu mulai tertarik." katanya. 

Kesadaran yang berjalan begitu lamban ini kian diberatkan dengan pengadaan fasilitas. "Kami sudah ajarkan begini caranya. Balik lagi ke sana, petani ternyata masih pakai cara lama. Pas ditanya, fasilitas tak memadai jadi alasan," tutur Hanok.

Padahal, Albert menilai, kopi sangat mungkin membantu perekonomian masyarakat. "5 tahun dari sekarang bisa dapat penghasilan menjanjikan dari penjualan kopi. Kalau lihat di sana, satu rumah itu sudah punya satu atau dua pohon kopi," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Kopi Arabica Indonesia Jadi Primadona di Eropa]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekeluarga Tak Sadarkan Diri di Mobil, Ini Tanggapan Instruktur Safety Driving

Posted: 05 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Riau - Satu keluarga asal Kota Pekanbaru yang berada di mobil Toyota Innova membuat heboh warga sekitaran Masjid At Taqwa, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau karena ditemukan tak sadarkan diri.

Dari tiga orang yang ditemukan di dalam mobil, salah satunya meninggal dunia. Peristiwa di dekat Batalyon Infanteri 132 itu diduga karena keracunan gas emisi dalam mobil. Pasalnya pendingin ruangan atau AC ditemukan masih hidup, sementara kaca mobil tertutup rapat.

Melihat kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat beristirahat di dalam mobil.

"Kalau bicara boleh atau tidak istirahat di dalam mobil, boleh. Tapi ingat, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan," kata Sony kepada Liputan6.com, Senin (6/5/2019).

Saat pengemudi lelah dan beristirahat di dalam mobil, Sony menegaskan sebaiknya ada satu orang dari penumpang yang tetap terjaga. Hal ini untuk mengurangi potensi terjadinya kejadian yang tak diinginkan.

Selanjutnya

"Seperti kalau lagi berkemah, harus ada yang berjaga. Kalau penumpang kan bisa istirahat saat mobil berjalan," ujarnya.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah memperhatikan kondisi mobil apakah terawat dengan baik serta lokasi beristirahat.

"Kalau mobil terawat, AC terawat juga, tidak ada kebocoran gas. Lalu yang perlu diingat juga membuka kaca 20 persen agar tetap ada sirkulasi udara dari luar," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Trik Ini Dapat Membuat Tubuhmu Sehat dan Terasa Baru Kembali

Posted: 05 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, kita berpikir bahwa menjadi sehat butuh banyak usaha, waktu, dan uang. Namun pada kenyataannya, Anda dapat mengubah hidup menjadi lebih sehat hanya dengan menerapkan beberapa kebiasaan baru.

Berikut ini beberapa cara alami dan terjangku yang dapat Anda coba untuk membuat tubuh Anda seperti baru kembali. Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Sarapan 30 menit setelah bangun tidur

Penting untuk sarapan dalam waktu setengah jam setelah Anda bangun tidur. Bahkan ketika Anda merasa tak lapar, melewatkan sarapan adalah kesalahan besar, terutama ketika Anda sedang mencoba menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Menurut National Weight Control Registry, lebih dari 70% orang yang sukses diet, sarapan dalam waktu setengah jam setelah bangun tidur. Ini karena metabolisme tubuh relatif lambat ketika tidur dan butuh satu untuk mulai bekerja dengan kecepatan normal.

Jadi, sarapan sebelum metabolisme benar-benar 'terjaga' akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama serta mencegah Anda sarapan dengan makanan yang berat.

2. Memutihkan gigi dengan buah

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan anti-oksiden dapat bekerja secara ajaib dalam hal menghilangkan noda kuning di gigi.

Stroberi misalnya, dapat memutihkan gigi dan menghilangkan noda kopi dan anggur di gigi. Apel juga dapat bertindak sebagai penghilang noda alami karena membantu menghasilkan lebih banyak air liur di mulut dan berfungsi membersihkan gigi. Sementara jeruk dan segala jenis buah yang asam dapat menetralkan keasaman mulut yang menyebabkan kerusakan gigi.

 

3. Minum kopi untuk kantong empedu yang sehat

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Meski kopi mungkin dikaitkan dengan diet yang tidak sehat, kopi dalam bentuk paling murni sebenarnya baik untuk Anda. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan kantong empedu.

Menurut penelitian, kopi mengaktifkan kontraksi di kantong empedu yang diyakini disebabkan oleh kafein di dalamnya. Selain itu, penelitian juga telah mengungkapkan bahwa peningkatkan kontraksi kandung empedu akibat kopi dapat mencegah batu kristal di kandung empedu menjadi batu kandung empedu yang besar.

4. Sembuhkan migrain dengan jus anggur

Migrain terutama berasal dari ketidakseimbangan bahan kimia di otak seperti serotonin, jus anggur dapat bertindak sebagai pereda, bukan sebagai obat penghilang rasa sakit. Saat migrain datang, ambil jus anggur untuk meredakannya.

Anggur kaya akan vitamin C, vitamin A, dan vitamin B2. Kandungan riboflavin di dalamnya bertanggung jawab mengobati migrain, membantu menyeimbangkan zat kimia di otak, dan bertindak sebagai pengurang kadar zat besi dalam darah yang mungkin menyebabkan migrain.

 

5. Makan salmon untuk dapatkan rambut yang indah berkilau dan sehat

Ilustrasi Foto Ikan Salmon (iStockphoto)

Salmon kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga rambut dan kulit kepala Anda tetap terhidrasi. Selain itu, omega-3 melumasi kulit kepala dan menjaga folikel rambut bersih dan sehat.

Omega-3 juga dapat mengurangi peradangan, membantu mengobati ketombe, dan mengurangi kekeringan yang semuanya berkontribusi pada kerusakan rambut. Jadi semakin banyak salmon yang Anda makan, makin sehat tubuh dan rambut.

6. Turunkan berat badan dengan air lemon dan garam

Lemon dan garam adalah 2 bahan ajaib yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Ini karena kandungan keduanya dapat meningkatkan gerakan usus dan mengurangi nafsu makan, sehingga menghilangkan asupan kalori berlebih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Taman Suropati Chamber Pecahkan Rekor MURI dan Dunia

Posted: 05 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, membuka secara resmi Konser Indonesia Raya dan Memainkan Lagu Indonesia Raya Dengan Orkestra di Taman pada Minggu (5/5/2019). Acara ini sukses memecahkan rekor MURI dan dunia sebagai Konser Indonesia Raya dan Memainkan Lagu Indonesia Raya Dengan Orkestra di Taman oleh Pemain Terbanyak.

Keberhasilan tersebut tak terlepas dari upaya Agustinus Esti Sugeng Dwiharso atau yang akrab di panggil Mas Ages sebagai pemimpin Taman Suropati Chamber (TSC). Sejak pagi, ia telah sibuk mempersiapkan 326 anak didiknya yang berasal dari beberapa sekolah dan komunitas musik untuk siap tampil.

"Begini, sebenarnya ini adalah suatu niat dari berbagai macam keinginan yang dasarnya di Taman Suropati. Di sini, kita memberikan pembelajaran bermain biola kemudian dari sekian angkatan yang terlibat, mereka sudah bisa membagikan ilmunya di sekolah-sekolah," ujar Mas Ages.

Menurutnya, para peserta ini memiliki kaitan erat dengan Taman Suropati karena instruktur mereka memulai kariernya di sana. Mas Ages sendiri telah belajar di Taman Suropati sejak 12 tahun lalu.

"Instruktur mereka tidak harus latihan di tempat ber-AC atau diruang yang tertutup, tetapi mereka latihan di atas rerumputan. Kemudian, mereka mampu mentransfer ilmunya kepada para murid-muridnya di berbagai tempat," ucap pria pernah diundang ke Den Haag, Belanda, untuk menyosialisasikan musik Keroncong.

Di Taman Suropati, imbuh Mas Ages, ada kelas bibit, kelas akar, kelas dahan, dan kelas ranting. Filosofinya adalah menyemai sesuatu dengan telaten dan rutin dari bibit hingga menjadi tumbuh dan berkembang.

"Kami adalah Komunitas Musik Taman Pertama di Indonesia bahkan di dunia, dan kami gunakan sebaik-baiknya untuk memberikan pendidikan kepada generasi muda yang tanggap, mau, dan semangat menjalankan kreatifitas tanpa pamrih dan memiliki orientasi kepada tujuan," ucapnya.

Dirinya pun mengaku bangga karena musik yang disajikan untuk acara Pemecahan Rekor MURI tersebut berasal dari salah satu siswa yang pernah belajar musik di Taman Suropati.

"Empat diantara mereka yang meng-arrangement acara ini telah menjadi sarjana musik atas bantuan anggota komunitas dan masyarakat yang peduli. Jadi dari taman inipun telah tumbuh para pendekar yang akhirnya membawa anak-anak ini bersiap memecahkan Rekor MURI hari ini. Semoga bagi anak-anak muda di Indonesia acara ini menjadi inspirasi untuk selalu punya ide, kreatifitas dimanapun, kapanpun. Kalian jangan pernah menunda ide-ide itu, karena jika kalian menunda sehari ide itu berarti sukses kalian juga tertunda satu hari. Terima kasih Kemenpora, bapak-bapak, ibu-ibu semoga hari ini lancar," kata Mas Ages.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Jerez: Marquez Puas Tuntaskan Kesalahan di Austin

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jerez - Pembalap Repsol Honda Team, Marc Marquez menjuarai MotoGP Jerez. Dia tampil sangat mendominasi balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (5/5/2019).

Pada MotoGP Jerez, Marquez unggul 1,654 detik dari rider Suzuki, Alex Rins. Posisi ketiga menjadi milik pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.

Kemenangan ini membuat Marquez tuntas membayar kesalahannya di MotoGP Austin. Kala itu, dia gagal finis setelah terjatuh.

"Saya senang memenangkan balapan ini, terutama saya sangat mendominasi. Namun, ini sudah target saya setelah kesalahan di Austin, saya datang ke Jerez untuk mencoba meraih kemennagan dan berhasil," kata Marquez, seperti dikutip dari Motor Sports.

"Saya berusaha sabar selama balapan. Namun saya merasa tidak demikian pada lap-lap pertama. Jadi, saya menunggu. Saya hampir sedikit melebar di tikungan, mungkin karena tangki bahan bakar masih penuh, mungkin karena kondisi trek," ujar pembalap MotoGP asal Spanyol itu.

Mulai Menggila

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez beraksi pada sesi latihan bebas MotoGP Jerez 2019, Jumat (3/5/2019). (AFP/Gabriel Buoys)

Namun, pada lap ke-15, Marquez mengaku dirinya mulai menggila. Dia pun menunjukkan keberadaannya kepada Fabio Quartararo dan Alex Rins.

"Ketika ban mulai habis dan saya sering slide, lalu saat tangki bahan bakar berkurang, saya jadi merasa seperti dalam latihan. Saya mulai menyerang, tapi terkendali."

"Saya melihat Fabio Quartararo datang, kemudian Rins, dan saya hanya menyerang satu kali pada lap 15. Karena itu menunjukkan kepada lawan bahwa,'Hey, saya di sini'," ucap Marquez.

 

 

Klasemen MotoGP

1. ^3 Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) 70 points

2. ^1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 69 points (-1)

3. ˅2 Andrea Dovizioso ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 67 points (-3)

4. ˅2 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 61 points (-9)

5. = Danilo Petrucci ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 41 points (-29)

6. ^6 Maverick ViƱales SPA Monster Yamaha (YZR-M1) 30 points (-40)

7. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) 29 points (-41)

8. ˅1 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 29 points (-41)

9. ˅1 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 27 points (-43)

10. ^1 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1) 25 points (-45)

11. ˅2 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16) 21 points (-49)

12. ^1 Aleix Espargaro SPA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 18 points (-52)

13. ˅3 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1)* 17 points (-53)

14. ^3 Jorge Lorenzo SPA Repsol Honda (RC213V) 11 points (-59)

15. ˅1 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* 9 points (-61)

16. ˅1 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 8 points (-62)

17. ˅1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 7 points (-63)

18. ^1 Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16) 7 points (-63)

19. NA Stefan Bradl GER HRC (RC213V) 6 points (-64)

20. ˅2 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 6 points (-64)

21. ˅1 Tito Rabat SPA Reale Avintia Ducati (GP18) 2 points (-68)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kiat Bugar Selama Puasa Ramadan

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa tips agar tubuh tidak lesu selama menjalankan puasa Ramadan. Tips ini datang dari Omair Imtiaz. Ia lahir dan besar di Dubai. Pada tahun 2007, ia pindah ke Maritimes untuk mengejar pendidikan biologi dan perawatan kesehatan.

Imtiaz bekerja malam hari di Belfast, P.E.I di John Gillis Memorial Lodge.  Ia adalah anggota aktif komunitas Muslim di pulau tersebut dan menjadi sukarelawan dengan berbagai program penjangkauan untuk menggalang dana yang berkaitan dengan kanker dan The Heart and Stroke Foundation.

Ia membagikan pengalaman tetap sehat selama Ramadan. 

1. Minumlah banyak air putih

"Hidrasi jelas merupakan salah satu faktor terpenting selama Ramadan," kata Imtiaz, dikutip dari CBC News, Senin (6/5/2019).

Penting memastikan minum banyak air sebelum puasa. Ia merekomendasikan berjalan-jalan dengan membawa botol air yang dapat diisi saat jam berbuka puasa tiba. 

Jangan makan berlebihan

Jangan makan berlebihan. Ilustrasi kulit sehat karena makanan (iStockphoto)

2. Jangan makan berlebihan

Meskipun Ramadan mengharuskan Anda untuk berpuasa setiap hari selama 29 atau 30 hari dari subuh hingga senja. Bukan berarti berat badan Anda akan turun.

"Anda akan berpikir, Anda akan menurunkan berat badan tetapi banyak orang, yang akhirnya makan lebih banyak saat berbuka puasa. Kemudian Anda benar-benar mendapatkan kenaikan berat badan," ujar Imtiaz.

Imtiaz menyarankan makan hanya sampai Anda merasa kenyang dan puas.

3. Pilihan makanan sehat

Selama bertahun-tahun, kata Imtiaz, ia melihat keluarga dan teman-teman lebih menyukai makanan yang digoreng dan berminyak mengandung sodium saat berbuka puasa selama bulan Ramadan.

Yang tepat adalah memilih makanan sehat. Anda bisa makan beberapa kurma selama berbuka puasa. Saat sahur bisa juga makan kurma. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai hari.

 

Terus bergerak

Harus terus bergerak. Ilustrasi jogging (Sumber: Pixabay)

4. Terus bergerak

"Jika Anda makan dalam jumlah sedang, maka Anda tidak akan merasa lesu. Anda akan merasa seperti bebas berkeliling dan berjalan-jalan. Dan itu sebenarnya sangat dianjurkan," tambah Imtiaz.

Meskipun mungkin tidak disarankan untuk melanjutkan latihan dua jam harian yang intens selama Ramadan, pergi berjalan-jalan atau jogging selama sekitar 20 menit dapat dilakukan.

"Puasa seharusnya tidak menjadi alasan untuk tidak melakukan apa-apa," tambah Imtiaz. 

5. Tidur siang

Puasa dapat menguras tenaga. Tidur siang adalah ide yang baik. Meskipun tidak semua orang dapat menemukan tempat yang tenang untuk beristirahat karena jadwal kerja.

Imtiaz merekomendasikan tidur siang sekitar pukul 13.30.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Game of Thrones Season 8 Episode 4: Tensi Tinggi Usai Perang Dahsyat di Winterfell

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Game of Thrones Season 8 Episode 4 baru saja ditayangkan pada hari ini, Senin (6/5/2019) pagi waktu Indonesia. Setelah peperangan dahsyat di Winterfell melawan pasukan Night King, masing-masing karakter berhadapan dengan sejumlah kenyataan dan permasalahan baru.

Games of Thrones Season 8 Episode 4 dibuka dengan momen Daenerys dan Sansa, yang masing-masing memberi ucapan perpisahan terakhir untuk Jorah Mormont dan Theon.

Penghormatan untuk mereka yang gugur di pertempuran ini pun dilakukan dengan upacara pemakaman yang khidmat. Setelahnya, mereka berpesta pora merayakan kemenangan atas Night King dan White Walkers.

Namun mereka tak bisa terlalu lama-lama larut dalam euforia kemenangan. Usai perang, permainan politik kembali terbit di Game of Thrones Season 8 Episode 4. Termasuk Daenerys yang meminta Jon Snow untuk menyembunyikan asal-usulnya sebagai keturunan Targaryen.

Koalisi Cersei

Games of Thrones Season 8 Episode 4 (HBO)

Sementara itu di King's Landing, Cersei memperteguh koalisinya dengan House of Greyjoy, dengan menggunakan bayi dalam kandungannya. Tak hanya itu, ia juga berhasil memenjarakan salah satu pendukung Denerys.

Posisi Daenerys semakin kompleks setelah Tyrion dan Varys mempertanyakan sejumlah langkah yang ia ambil.

Kejutan

Games of Thrones Season 8 (HBO)

Di luar ketegangan dan intrik dalam Game of Thrones Season 8 Episode 4, ada beberapa bagian yang bakal memberikan kejutan bagi penggemar serial ini. Termasuk, soal hubungan asmara sejumlah karakter Game of Thrones.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Awal Ramadan di Pakistan Berbeda Dengan Indonesia

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia telah menetapkan awal bulan ramadan jatuh pada hari Senin, 5 Mei 2019. Sementara, muslim di Pakistan akan mulai menjalankan ibudah puasanya hari Selasa, 6 Mei 2019. Sesuai dengan keputusan yang diambil komite hilal Pakistan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama Puasa, Tagar Sawityowit Kembali Ramaikan Twitter

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sawityowit (#Sawityowit) mungkin adalah salah satu tagar 'legendaris' di ranah Twitter Indonesia. Ya, wajar saja, mengingat tagar ini sangat populer digunakan di bulan Ramadan.

Pada 2009, saat Twitter lagi populer-populernya, aktivitas yang sering dilakukan warganet saat itu adalah mencuit dengan tagar khusus #Sawityowit. Namun beberapa tahun setelahnya, cuitan #Sawityowit tak lagi bergaung kencang di lini masa.

Sekadar informasi, #Sawityowit (yang merupakan singkatan dari 'Sahur with Your Twitter') adalah cuitan guyon yang biasanya berisikan tebak-tebakan plesetan.

Mungkin, kalau sekarang disebut sebagai guyonan 'receh' atau garing. Sementara, waktu ideal dimulainya #Sawityowit berkisar antara dari sahur hingga Subuh.

#Sawityowit sendiri digagas oleh tiga komedian, Desta, Arie Dagienkz, dan Vincent Rompies.

Mereka biasanya lebih dulu memulainya dengan menawarkan tema apa yang akan dimainkan. Cara bermainnya cukup mudah. Seperti apa?

Pengguna Twitter hanya perlu mencuit tebak-tebakan dengan tagar #Sawityowit, seperti: "Tanya: Kalau Asterix habis kerja berat dan capek sekali, jadinya apa? Jawab: Pegel Linux," atau bisa juga "Tanya: Pohon apa yang paling banyak pada hari Lebaran? Jawab: Pohon maaf lahir dan batin."

 

Trending Topic

Makan sahur di Masjidil Haram. foto: alarabiya.net

#Sawityowit sendiri menjadi trending topic di Twitter pada hari pertama puasa, Senin (6/5/2019). Penasaran seperti apa kumpulan cuitan #Sawityowit? Yuk simak berikut ini.

(Jek/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Koko'o, Tradisi Bangunkan Sahur di Gorontalo

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Seperti biasa, warga Kelurahan Talumolo, Kecamatan Dumbo Raya, Kota Gorontalo kembali menggelar tradisi unik dalam membangunkan sahur. Tradisi tersebut dinamakan Koko'o.

Ratusan warga mulai dari anak-anak hingga orang tua berjalan kaki sambil memegang kentongan bambu untuk membangunkan warga dengan berkeliling.

Kata Koko'o suhur dari bahasa Gorontalo yang artinya Ketuk Sahur. Mereka memukul kentongan yang terbuat dari bambu secara bersama-sama sambil berkeliling kampung.

Tidak hanya warga Kecamatan Talumolo, arak-arakan ini juga banyak diikuti oleh mereka yang berasal dari berbagai kecamatan yang tersebar di Kota Gorontalo.

Pantauan Liputan6.com, Senin (6/5/2019), sekitar pukul 02.00 Wita, ratusan warga berjalan kaki ada juga yang menggunakan kendaraan roda dua serta becak motor (bentor) mengiringi tradisi membangunkan sahur warga dengan menggunakan kentongan bambu tersebut.

Aan Karim, selaku koordinator lapangan kegiatan itu mengatakan selain untuk membangunkan sahur, tradisi itu juga merupakan bentuk wujud kebahagiaan karena bisa dipertemukan kembali dengan bulan Ramadan.

"Selain membangunkan warga untuk sahur, kegiatan ini juga adalah bentuk kebahagiaan kami dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan tahun ini," ungkapnya.

Ia menambahkan, ada kebanggaan tersendiri dan senang karena pada tahun ini Koko'o sahur semakin ramai diikuti warga, bukan hanya dari Talumolo saja tapi dari wilayah lainnya di Kota Gorontalo.

"Tradisi Koko'o ini kami dilaksanakan selama satu bulan, selama bulan Ramadan," dia menandaskan.

Salah seorang warga yang turut serta dalam kegiatan itu, Aswar Musa misalnya. Dia mengaku senang dapat memberi kontribusi dan bergabung dengan warga lainnya dalam semarak Koko'o sahur.

"Alhamdulillah, saya sudah beberapa kali ikut pada tahun 2018 lalu juga ada, namun tahun ini lebih ramai lagi," dia memungkasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sihir Hidung Evi Zainal Abidin

Posted: 05 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bangkalan Evi Zainal Abidin menjadi sosok populer ketika pemilu. Boleh saja media sosial riuh oleh perdebatan siapa pemenang Pilpres, Joko Widodo atau Prabowo Subianto? Tapi jangan lupakan ada pemilu yang lain. Memilih calon Dewan Perwakilan Daerah atau DPD.

Evi Zainal Abidin, anggota DPR RI dari Demokrat yang pada pemilu kali ini nyalon DPD RI dapil Jawa Timur.

Nama Evi menarik perhatian, ketika media ini secara acak menanyakan pada beberapa warga tentang siapa calon DPD yang mereka pilih pada 17 April lalu. Dari 30 orang yang ditanyai, 20 diantaranya mengaku nyoblos Evie, sisanya memilih La Nyalla Mattalitti atau Syaiful Ismail.

 Soal alasan kenapa memilih Evi? Sebagian karena kecantikannya, namun jawaban paling banyak karena kalimat ini: coblos irunge.

"Saya sekeluarga DPD-nya nyoblos hidungnya Evi," kata Muhammad Alim, Kepala Sekolah di Bangkalan.

"Awalnya saya mau nyoblos La Nyalla karena hanya nama itu yang saya tahu. tapi pas lihat ada yang cantik, saya coblos hidungnya, sesuai permintaan," kata Mahmudi, buruh bangunan asal Kecamatan Socah.

Selain kaum pria, wanita pun banyak yang memilih Evie Zainal Abidin. "Saya memilih yang nama Evi, karena disuruh nyoblos hidungnya. Padahal sama suami disuruh nyoblos calon lain," kata Halimatus Sakdiyah, ibu rumah tangga juga asal Desa Socah.

Simak video pilihan berikut:

Kalah Populer

Poster calon DPR RI Dapil Jatim Evi Zainal Abidin di Kabupaten Bangkalan. IST

Di Madura, bahkan di Jawa Timur, nama Evi Zainal Abidin tak sepopuler La Nyalla Mattalitti. Namun berkat kampanye yang efektif lewat poster, Evi bisa menarik perhatian pemilih.

Di Bangkalan, calon DPD lain termasuk La Nyalla sudah bertebaran di pinggir jalan sejak dua bulan sebelum hari H. Modelnya sama, foto setengah badan dan nama mereka dalam font besar. Umumnya berbentuk baleho ukuran besar dan sedang.

Meski media kampanyenya sama yaitu poster atau baleho. namun Evi memakai strategi berbeda. Dia memilih poster ukuran kecil namun dalam jumlah banyak. Pola penyebarannya pun tidak terpisah-pisah. Di satu titik misalnya poster Evi dipasang berjejer lima atau enam poster sekaligus.

Meski poster kecil, namun wajah Evi dicetak nge-zoom maksimal. Yang membedakan dengan poster lain, dalam poster Evi dipasang gambar tangan memegang paku tepat dihidungnya. Juga ditambah kalimat nakal: Kerudung Putih Coblos Irunge atau kerudung putih coblos hidungnya.

Poster Evi pun baru ditebar dua pekan sebelum pencoblosan. Sehingga menarik perhatian warga karena menjadi poster baru di tengah poster-poster lama.

"Pertama kali lihat poster Evi di Suramadu dan menarik karena berbeda dari yang lain. Sudah cantik rela lagi hidungnya dicoblos. Akhirnya saya googling, ternyata dia anggota DPR," ungkap Muhammad Alim sambil tertawa.

Mendadak Evi

Suasana Rekapitulasi Pemilu 2019 di KPU Kabupaten Bangkalan

Efektivitas kampanye ala Evi Zainal Abidin, terlihat dari tingginya perolehan suara di Bangkalan. Berdasarkan rekapitulasi akhir KPU Bangkalan, nama Evi masuk empat besar peraih suara terbanyak.

Suara terbanyak pertama diraih Syaiful Ismail, putra daerah dan mantan Komisioner KPU ini meraih 515.074 suara. Lalu La Nyalla Mattalitti meraih 104.525 suara, kemudian Ahmat Nawardi, calon Inkumben, meraih 100.498 suara dan Evi Zainal Abidin meraih 25.923 suara.

"Kalau Evi lolos ke Senayan, dia harus ke Bangkalan karena banyak fansnya," kata Muhammad Alim lagi.

Sebaliknya di Kabupaten Sampang. Berdasarkan data Rekapitulasi akhir KPU, perolehan suara Evi Zainal Abidin tidak maksimal. dia hanya meraih seribu lima ratus enam puluh dua suara. Sementara suara terbanyak diraih H. Achmad Nawardi memperoleh 421.171 suara. La Nyalla Mahmud Mattalitti memperoleh 169.406 suara dan Syaiful Ismail memperoleh suara sebanyak 82.385.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Lagi Staf Ahli Menag dan Ketua PPP Jatim Terkait Kasus Romahurmuziy

Posted: 05 May 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil kembali Staf Ahli Menteri Agama Gugus Joko Waskito dan Ketua DPW PPP Jawa Timur Musyaffa Noer. Keduanya akan diperiksa terkait kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) yang melibatkan mantan Ketum PPP Romahurmuziy.

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati menyampaikan, keduanya dipanggil dalam kapasitasnya sebagai saksi untuk tersangka Romahurmuziy (RMY).

"Kami periksa dalam kapasitas saksi untuk tersangka RMY," tutur Yuyuk dalam keterangannya, Senin (6/5/2019).

KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Romahurmuziy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain 3958085, KPK juga menetapkan dua orang lainnya, yakni Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ), dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

 

Temua KPK

Mantan Ketum PPP, Romahurmuziy memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (22/3). Rommy menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan di Kementerian Agama Jawa Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK menemukan bahwa Romi tak hanya bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. KPK mengaku menerima banyak laporan bahwa Romi bermain di banyak daerah. KPK pun berjanji akan mendalami hal tersebut.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Romi dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menemukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Romi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Beri Hadiah Tak Terduga Untuk Mertua, Bikin Geleng Kepala

Posted: 05 May 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memberikan sebuah hadiah bisa kapan saja kamu lakukan. Namun memberikan sebuah hadiah saat hari penting tentu memiliki arti tersendiri.

Salah satu yang bisa dijadikan sebagai hadiah ialah sebuah buket bunga. Memberikan buket bunga memiliki arti sendiri. Selain itu, arti dari setiap jenis bunga pun berbeda-beda.

Kamu pun bisa berkreasi terhadap bunga apa yang ingin kamu berikan. Namun sepertinya memberikan buket bunga bagi penjual bunga merupakan hal yang biasa. Oleh karena itu seorang wanita penjual bunga di Sydney, Australia justru membuat buket tak biasa loh.

Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Senin (6/5/2019), wanita bernama Sharon Lam ini ingin memberikan buket kepada sang ibu mertua saat hari ibu yang jatuh pada 3 Mei lalu. Namun ia justru memberikan buket tak biasa untuk ibu mertuanya.

Sharon justru memberikan buket durian. Ya, ia memberikan buket yang berisi satu buah durian utuh untuk ibu mertuanya.

Dihias Layaknya Buket Bunga

Buket durian (Sumber: Worldofbuzz)

Sahron rupanya sudah terlalu sering memberikan buket bunga kepada ibu mertua. Ia pun ingin memberikan hal yang berbeda dari biasanya.

Sharon lalu memutuskan untuk memberikan sesuatu yang bisa dinikmati oleh sang ibu mertua dan juga anggota keluarga lainnya. Ia memutuskan untuk memberikan durian agar bisa dinikmati bersama.

Meskipun buah durian memiliki kulit yang cukup tajam, namun Sahron memutuskan untuk merapikan kulit tajam durian tersebut. Hal ini ia lakukan agar kulit durian tidak melukai tangan dan bisa dihias supaya lebih menarik. Sharon bahkan memberikan hiasan pita kecil pada durian tersebut.

Bukan Ide Baru

Buket durian (Sumber: Worldofbuzz)

Bahkan durian tersebut ia hias dengan pula dengan bunga baby breath berwarna merah muda untuk mempercantik buketnya. Sharon pun benar-benar membuat durian tersebut layaknya buket bunga pada umumnya. Meski demikian, ia mengaku bahwa ide tersebut bukan ide yang baru.

"Ini bukan ide baru tapi ini pertama kalinya aku membuat karangan durian jadi aku sendiri sedikit bersemangat," dilansir dari Worldofbuzz.

Menurut Sharon, ia bahkan bisa membuat sebuah tren baru dengan buket bunga. Tentu saja membuat buket durian bukan hal yang umum, namun patut dicoba juga.

Jadi, apakah kamu tertarik juga membuat buket durian?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Bulan Ramadan, Harga Cabai Naik Rp 15 Ribu per Kg

Posted: 05 May 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga beberapa komoditas sayuran pada 1 Ramadan 1440 H terpantau mengalami kenaikan. Seperti yang terjadi di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat, dimana harga cabai dan wortel mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang sayur di Pasar Kwitang Dalam Satria (23) mengungkapkan, harga cabai merah keriting naik Rp 15 ribu per kg dan cabai rawit hijau naik Rp 10 ribu per kg. Kenaikan ini sudah terjadi sejak 3 hari ini.

"Cabai merah keriting naik, standarnya Rp 25 ribu per kg, sekarang Rp 40 ribu per kg. Rawit hijau juga naik Rp 35 ribu per kg, biasanya Rp 25 ribu per kg," tutur dia kepada Liputan6.com, Senin (6/5/2019).

Di sisi lain, jenis cabai lainnya seperti cabai rawit merah harganya tidak berubah, yakni Rp 35 ribu per kg.

Kenaikan harga juga turut dialami wortel, yang sejak kemarin malam harga jualnya menyentuh Rp 15 ribu per kg. "Wortel naik, yang paling bagus dijual Rp 14-15 ribu. Standarnya Rp 8 ribu. Baru semalem (naiknya)," ucap Satria.

 

Harga Tomat Juga Naik

Pedangan di Pasar Gorontalo (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Komoditas lain yang mengalami kenaikan yaitu tomat buah, yang meningkat Rp 14-15 ribu per kg dari harga biasanya Rp 10 ribu per kg. Sementara untuk kentang, harga jualnya masih tak bergeming di Rp 12 ribu per kg.

Sama seperti Satria, seorang pedagang sayur lain di pasar serupa, Eniquana (31), coba melaporkan kenaikan harga produk cabai semisal cabai merah keriting. "Merah keriting Rp 40 ribu (per kg). Naiknya dari Rp 25 ribu (per kg) langsung ke Rp 40 ribu," paparnya.

Di sisi lain, produk cabai rawit merah yang dijual Eniquana secara harga juga melonjak, dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg. Ketetapan harga justru dialami cabai rawit hijau, yang ditawarkan Rp 30 ribu per kg.

Begitu pula dengan kentang, yang dibanderol standar Rp 14 ribu per kg. Namun untuk produk sayuran seperti wortel dan tomat buah, ia belum bisa mengelak dari tuntutan kenaikan harga jual.

"Wortel Rp 15 ribu per kg. Standarnya Rp 10 ribu. Baru hari ini sama kemarin. Tomat juga naik, dari Rp 18 ribu per kg jadi Rp 20 ribu per kg. Kalau ini udah cukup lama naiknya," ujar Eniquana.

Harga Cabai Rawit di Gorontalo Naik Rp 100 Ribu Bikin Galau

Permintaan yang banyak untuk cabai di awal ramadan membuat harga cabai mengalami kenaikan, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Jumat (19/6/2015). Harga Cabai Rawit naik dari harga Rp16 ribu menjadi Rp20 ribu/kg. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Jelang Ramadan harga kebutuhan bahan pokok mulai naiksedcara drastis, salah satunya cabai rawit. Saat ini di Provinsi Gorontalo harga cabai rawit menembus harga Rp. 100 ribu per kilogram. 

Pembeli pun hanya bisa mengelus dada karena harus berpikir dua kali untuk membeli cabai. Hal itu dikarenakan harga cabai yang naik lima kali lipat sejak pagi yang sebelumnya hanya Rp 20 ribu menjadi Rp 100 ribu per kilogramnya.

"Mau beli jadi enggak yakin. Tapi kan kalau makan tidak pakai sambal rasanya kurang pas gitu apalagi ini kebutuhan untuk makan sahur", kata Maya, seorang ibu rumah tangga saat berbicang dengan Liputan6.com, Jumat (05/5/2019).

Sementara itu, Masri, seorang pedagang cabai mengatakan bahwa penyebab kenaikan harga cabai itu adalah karena stok di pasaran yang sangat sedikit dari petani. Padahal, permintaan cabai jelang ramadan sangat tinggi. 

"Jadi harga ini bukan disengaja, tapi memang cabainya yang kurang. Sedangkan permintaan sangat tinggi, jadi cabai mahal," ungkapnya.

Meski begitu, sepekan jelang bulan ramadan, harga-harga kebutuhan bahan pokok lainnya seperti sayuran di Pasar Gorontalo bisa terbilang cukup stabil. Kasman (50) salah satu pedagang di pasar tradisional tersebut merasa tidak ada masalah karena pendapatannya sehari-hari tidak terganggu.

"Malah naik. Sedikit sih naiknya," ungkapnya.

Kasaman menambahkan, cabai masih tetap dibeli meski awalnya para pembeli bengong mendengar kenaikan harga. Cabai yang berkisar antara Rp 80 ribu hingga Rp 90 ribu, kini dibanderol Rp 100 ribu per kg. Hal ini dikarenakan panen cabai yang buruk sejak musim hujan sehingga harga dinaikkan.

Tetapi harga cabai kriting justru masih sama yaitu Rp 30 rb per kilogram, begitupun harga cabai hijau yaitu Rp. 50 ribu per kilogram.

"Yang dicari itu pedasnya. Kalau yang itu (cabai kriting dan hijau) jarang dibeli karena enggak (pedas), jadi harganya tetap, orang Gorontalo kan suka pedas", jelas Kasman.

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Real Count KPU di Hari Pertama Puasa, Siapa yang Unggul?

Posted: 05 May 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU terus melakukan real count untuk Pemilu 2019. Berikut hasil sementara Pilpres 2019 di hari pertama Ramadan 1440H.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Drama Soal Jokes Antara Bos dan Karyawan Ini Bikin Senyum Kecut

Posted: 05 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Punya pekerjaan tentunya tidak terlepas dari bertemunya kamu dengan atasan yang akan membawahi kamu. Dia biasa disebut bos, pemimpin, supervisor, dan sejenisnya. Bukan tidak mungkin juga, suatu saat kamulah yang akan menduduki posisi sebagai atasan. Saat itulah kamu akan berpikir, bahwa menjadi pemimpin itu enggak gampang.

Namun, apa sih yang ada dalam bayanganmu ketika mendengar kata 'bos'? Sebagian besar pasti kepikiran dengan kata galak, suka ngatur, dan menyebalkan. Memang sial banget rasanya kalau kerjaan di kantor membuat pusing tujuh keliling, ditambah si bos yang galaknya minta ampun. Dilema, antara mau resign atau bertahan menghadapai si bos yang model begitu.

Namun, tak jarang banyak orang yang takut dengan bosnya hingga terkadang mau tidak mau harus selalu gugup saat bertemu dengan atasanya tersebut. Tak jarang juga pada saat si bos sedang bercanda dengan karyawannya, namun candaannya tersebut tidak lucu sama sekali. Di sinilah muncul namanya 'ketawa karier' yang mana mau tidak mau si karyawan harus tetap tertawa mengikuti ketawa si bos.

Ketawa karier ini biasanya hadir karena sekedar tidak enak dengan bos yang sudah berusaha melucu walaupun sebenarnya lelucon yang ada tidaklah terlalu lucu. Berikut Liputan6.com rangkum 6 drama jokes antara bos dan karyawan yang bikin senyum kecut, Senin (6/5/2019).

1. Jokes bapak-bapak banget nih!

Drama Soal Ketawa karir Antara Bos dan Karyawan (sumber:Twitter/@malaollola)

2. Kekuasan juga bisa menentukan humor

Drama Soal Ketawa karir Antara Bos dan Karyawan (sumber:Twitter/@susahbet)

3. Lucu enggak lucu anak magang wajib ketawa

Drama Soal Ketawa karir Antara Bos dan Karyawan (sumber:Twitter/ @nenemplok_)

4. Tipe-tipe ketawa di kantor biasanya selalu mengikuti irama ketawa bos besar

Drama Soal Ketawa karir Antara Bos dan Karyawan (sumber:Twitter/ @jagoanhosting)

5. Sudahlah, ketawa aja dulu daripada gaji dipotong

Drama Soal Ketawa karir Antara Bos dan Karyawan (sumber:Twitter/ @DianaMoulid)

6. Hahaha, iya pak iya

Drama Soal Ketawa karir Antara Bos dan Karyawan (sumber:Twitter/ @jatush)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal ke Liga Champions, Solskjaer: Pukulan Telak Bagi MU

Posted: 05 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Huddersfield - Manchester United (MU) telah gagal ke Liga Champions. Hal itu dipastikan setelah MU bermain imbang 1-1 melawan Huddersfield Town, Minggu (5/5/2019), dalam lanjutan Liga Inggris.

Dalam laga tersebut, MU sempat unggul terlebih dahulu pada menit kedelapan melalui sepakan Scott McTominay. Namun, Huddersfield berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-60 melalui Isaac Mbenza.

Hasil imbang itu membuat MU tetap berada di posisi keenam dengan 66 poin. Dengan satu pertandingan terakhir, MU tak akan mungkin mengejar Tottenham Hotspur yang berada di posisi keempat dengan 70 poin.

Usai pertandingan, manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer mengatakan, Paul Pogba dan kawan-kawan banyak melakukan kecerobohan. Tercatat, ada 42 persen umpan para pemain MU yang berhasil dipatahkan lawan.

"Kami seharusnya memanfaatkan awal yang baik. Seharusnya kami memenangkan pertandingan pada setengah jam pertama dan unggul 2-0," kata Solskjaer, seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Para pemain tidak bisa menjalankan skenario dan gagal mencetak gol kedua. Kami memberikan mereka harapan dan para pemain MU membuat beberapa umpan ceroboh," ucap manajer MU berusia 46 tahun tersebut.

 

Pukulan Telak

Gelandang Manchester United, Paul Pogba berusaha mengontrol bola dibayangi oleh pemain Huddersfield Town pada pekan ke-37 Liga Inggris di John Smith's Stadium, Minggu (5/5/2019). MU gagal ke Liga Champions musim depan setelah ditahan Huddersfield Town dengan skor 1-1. (Anthony Devlin/PA via AP)

Tentunya hasil imbang dari Huddersfield Town menjadi pukulan telak untuk MU. Bahkan, mereka masih tidak menyangka gagal ke Liga Champions.

"Ini pukulan telak untuk kami. Tentu saja, semua orang kecewa di ruang ganti. Kami kehilangan kesempatan untuk Liga Champions," ujar Solskjaer.

"Kami belum mampu mengubah pertandingan menjadi keuntungan untuk tim. Kami seharusnya melakukan itu, tapi gagal," katanya menegaskan.

Klasemen Liga Inggris

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Ramadan, Pemerintah Jaga Ketersediaan Sembako dan Stok BBM

Posted: 05 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama bulan puasa Ramadan dan menjelang lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin ratas dengan topik 'Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440H' di Kantor Presiden Jakarta, Jumat 3 Mei 2019.

"Yang berkaitan dengan ketersediaan dan stabilitas harga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan rakyat. Betul-betul harus terus kita jaga," ujar Jokowi.

Kendati ratas tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya, Jokowi tetap mengingatkan jajarannya untuk melalukan persiapan dengan detail terkait persiapan Ramadan. Terutama yang berkaitan dengan manajemen lapangan.

"Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun di daerah," ucap dia.

 

Stok BBM Terjaga

Antrean pemotor saat mengisi BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Kamis (15/6). Selama musim mudik Pertamina menurunkan harga Pertamax menjadi Rp.8000 yang berlaku di SPBU bertanda khusus yang tersebar di jalur mudik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, Jokowi juga meminta kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk mudik lebaran. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pun perlu disiapkan di sepanjang jalur mudik.

Dia menururkan saat ini jalan Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Menurutnya, keberadaan tol tersebut sangat membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat perayaan Idul Fitri.

"Juga di Sumatera, Tol Trans Sumatera beberapa ruas dari Bakauheni mungkin sampai Palembang juga sudah tersambung sehingga ini juga akan memperlancar arus mudik antarwilayah di Sumatera," jelas Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Datangi Pernikahan Syahrini, Teuku Wisnu Ingin Tambah Anak?

Posted: 05 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teuku Wisnu terlihat hadir di antara tamu undangan pernikahan Syahrini dan Reino Barack. Tak cuma mendoakan pengantin baru tersebut agar bisa memiliki anak. Teuku Wisnu pun ikut mendoakan agar istrinya, Shireen Sungkar, bisa hamil lagi.

Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar pun tak lupa mengabadikan foto mereka lalu mengunggahnya ke instagram. Dalam keterangan fotonya, Teuku Wisnu menulis pesan agar Syahrini dan Reino Barack bisa segera mendapatkan momongan.

Tak lupa, ia juga turut mendoakan agar Shireen bisa kembali hamil. "Di acara teh Syahrini dan Reino Barack. Semoga sakinah mawadah dan warohmah dan disegerakan istriku Shireen Sungkar mendapat momongan lagi," tulis Teuku Wisnu.

Kalimat tersebut pun seolah menjadi kode untuk istrinya bahwa Teuku Wisnu sangat ingin kembali memiliki anak.

Mendoakan

Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar

Namun, Teuku Wisnu pun kembali melanjutkan kalimatnya dengan maksud mendoakan Syahrini dan Reino Barack bisa segera mendapat momongan.

"Eh maksudnya teh Syahrini dan Reino Barack segera mendapatkan momongan. Amin," papar Teuku Wisnu.

Reporter : Astri Agustina/Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PP Pemuda Muhammadiyah Gelar Aksi Beri Dukungan ke KPU

Posted: 05 May 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah menggelar aksi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Aksi tersebut untuk memberikan dukungan kepada KPU.

Aksi berlangsung pada Senin (6/5/2019) sejak pukul 10.00 tepat di depan gerbang kantor KPU, Jakarta Pusat. Pantauan di lokasi, massa membentangkan spanduk bertuliskan 'Kami bersama KPU'.

"Kami siap mendukung KPU secara konstitusional," ucap orator.

PP Pemuda Muhammadiyah menilai, dugaan pelanggaran pemilu murni kesalahan teknis dan oknum semata. Mereka pun berpendapat, tudingan kecurangan untuk mendelegitimasi penyelenggaraan pemilu.

Hal itu, kata mereka, bertentangan dengan demokrasi. PP Muhammadiyah juga mengecam upaya provokasi masyarakat berupa people power.

"Apalagi mengarah pada upaya people power yang justru akan memprovokasi masyarakat untuk menolak hasil pemilu yang sudah sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada," ujar orator.

 

Pernyataan Sikap PP Pemuda Muhammadiyah

PP Pemuda Muhammadiyah menggelar aksi di depan kantor KPU. (Merdeka.com/ Ahda Baihaqi)

1. Ikut berduka atas wafatnya penyelenggara pemilu yang menjalankan tugas negara dan mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

2. Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi kinerja penyelenggara pemilu baik KPU dan Bawaslu yang telah bekerja keras dalam memastikan terlaksananya pemilu dengan baik.

3. Mendukung KPU dan Bawaslu untuk tetap istiqomah menyelesaikan proses yang sedang berjalan sampai waktu yang sudah ditentukan.

4. Mengimbau kepada semua komponen masyarakat untuk bersabar menunggu hasil penghitungan suara secara resmi.

5. Mengimbau kepada semua pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu untuk menempuh jalur konstitusional dan tidak perlu melakukan tindakan di luar mekanisme hukum yang dapat memancing emosi masyarakat dan mendelegitimasi penyelenggara.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekonomi RI Tumbuh 5,07 Persen pada Kuartal I, IHSG Merosot 73,63 Poin

Posted: 05 May 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih bertahan di zona merah pada perdagangan awal pekan ini.

IHSG melemah di tengah rilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2019 sebesar 5,07 persen.

Berdasarkan data RTI, Senin (6/5/2019), IHSG merosot 73,63 poin atau 1,17 persen ke posisi 6.245,82. Indeks saham LQ45 tergelincir 1,54 persen ke posisi 981,94. Seluruh indeks saham acuan kompak tertekan.

Sebanyak 279 saham melemah sehingga menekan IHSG. 114 saham diam di tempat dan 84 saham menguat.

Pada sesi pertama perdagangan saham, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.263,08 dan terendah 6.207,62.

Total frekuensi perdagangan saham 189.003 kali dengan volume perdagangan saham 6,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,7 triliun. Investor asing jual saham Rp 363,04 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.330.

Sebagian besar sektor saham tertekan kecuali sektor saham barang konsumsi naik 0,54 persen. Sektor saham industri dasar susut 2,46 persen, dan bukukan penurunan terbesar.

Disusul sektor saham keuangan turun 2,05 persen dan sektor saham konstruksi melemah 1,89 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham GOLD naik 20,50 persen ke posisi Rp 535 per saham, saham CSAP mendaki 16 persen ke posisi Rp 580 per saham, dan saham POLY naik 14,41 persen ke posisi Rp 127 per saham.

Sementara itu, saham-saham yang melemah antara lain saham KICI turun 21,14 persen ke posisi Rp 276 per saham, saham MTPS tergelincir 21,13 persen dan indeks saham HITS susut 17,50 persen ke posisi Rp 660 per saham.

Bursa saham Asia bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 3,31 persen, indeks saham Shanghai melemah 5,19 persen, dan bukukan penurunan terbesar.

Disusul indeks saham Singapura melemah 3,57 persen dan indeks saham Taiwan merosot 1,85 persen.

Ekonomi Indonesia pada Kuartal I 2019

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I-2019 sebesar 5,07 persen. Capaian ini naik tipie apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal 1 2019 tumbuh 5,07 persen, naik tipis dibanding periode sebelumnya." kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin, 6 Mei 2019.

Suhariyanto mengatakan apabila dibandingan secara year on year memang pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh. Meski tidak signifikan pertumbuhan ini dinilai cukup baik.

Seperti diketahui pada Kuartal I-2016 pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat hanya sebesar 4,94 persen. Kemudian naik tipis pada 2017 periode yang sama sebesar 5,01 persen. Dan terakhir pada 2018 tumbuh sebesar 5,06 persen.

"Kita berharap di kuartal II-2019 akan semakin bagus karena akan konsumsi yang lebih tinggi ada Ramadhan dan Lebaran," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badak Lampung FC Ingin Bikin Terobosan di Liga 1 Musim Ini

Posted: 05 May 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - CEO Badak Lampung FC, Marco Paulo Gracia, menekankan komitmennya untuk membawa klub tersebut bersaing di pentas sepak bola nasional dan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung.

Launching tim Badak Lampung FC digelar di GOR Saburai, Lampung, Sabtu (4/5/2019). Dalam kesempatan tersebut, hadir sosok-sosok penting yang akan membawa klub baru tersebut bersaing di Liga 1 2019, antara lain CEO Badak Lampung FC, Marco Paulo Gracia, yang cukup lama berkiprah di sepak bola Indonesia, baik di PSSI maupun klub profesional, seperti Pelita Bandung Raya.

Selain itu juga hadir GM Youth and Technical Advisor tim utama Badak Lampung FC, Jaino Matos, dan juga pelatih kepala yang akan membimbing tim, Jan Saragih, yang memiliki pengalaman menangani Persija Jakarta.

"Saya sangat excited untuk memulai proyek ini, karena saya percaya ini akan menjadi terobosan dalam manajemen klub sepak bola profesional di Indonesia," ujar Marco Paulo Gracia, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Sementara itu, pelatih kepala Jan Saragih menegaskan Badak Lampung FC akan memperlihatkan permainan yang progresif di setiap pertandingan yang mereka jalani. Aliran bola antarlini dan kekuatan dalam melakukan transisi akan menjadi keunggulan tim menurut sang pelatih. "Fokus kami adalah menghadirkan permainan sepak bola yang atraktif dan modern," Jan menegaskan.

Badak Lampung FC rencananya akan menggunakan Stadion Sumpah Pemuda, PKOR Way Halim, sebagai markas utama. Namun, manajemen tim saat ini masih berbenah untuk menjadikan stadion tersebut berstandar internasional.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Kesederhanaan Soimah, Pesinden Kondang yang Pernah Tidur di Garasi

Posted: 05 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Soimah mungkin sudah terdengar akrab di telinga masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, sosoknya yang lucu memberi kesan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Selain lucu, Soimah juga punya suara merdu yang mampu menyihir siapapun yang mendengarnya.

Seperti diketahui, Soimah mengawali kariernya sebagai sinden sebelum kini lebih terkenal menjadi publik figur yang sering menghiasi layar kaca televisi. Beberapa waktu lalu, dirinya juga hadir sebagai juri dalam ajang pencarian bakat LIDA 2019.

Usut punya usut, Soimah seringkali disebut sebagai pesinden terkaya di Indonesia. Pada dasarnya, bakatnya yang tak ada habisnya itu mungkin jadi salah satu faktor ketenaran Soimah di industri hiburan Tanah Air.

Pasalnya, tak hanya dikenal sebagai pesinden, Soimah juga banyak tampil menjadi pembawa acara hingga komedian yang lawakannya selalu sukses menghibur.

Namun di balik kesuksesannya itu, kabarnya Soimah pernah tidur di garasi posko Cagur bersama suaminya sebelum sesukses sekarang ini. Wanita asli Pati itu mengaku dirinya sering pindah kontrakan ketika mengadu nasib di Jakarta, seperti yang dikutip Liputan6.com dari YouTube Rans Entertainment, Senin (6/5/2019).

Tak heran kini Soimah tetap hidup sederhana meski dirinya disebut sebagai salah satu artis terkaya di Tanah Air. Dalam beberapa kesempatan, Soimah selalu tampil apa adanya bak orang biasa. Berikut 7 potret kesederhanaan Soimah seperti yang dihimpun Liputan6.com dari akun Instagram pribadinya @showimah, Senin (6/5/2019).

1. Dalam kesempatannya mudik ke Jogja, Soimah kedapatan ikut membantu tetangganya yang sedang ada hajat.

2. Gaya Soimah tanpa riasan mengenakan kaos dan sandal jepit saat berkumpul bersama tetangga.

Potret kesederhanaan Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

3. Lesehan di lantai dengan kaos oblong dan celana pendeknya saat berlibur di Universal Studio Singapore.

Potret kesederhanaan Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

4. Meski sudah jadi artis terkenal, Soimah tak malu mengenakan kaos sederhana saat menemani anaknya jalan-jalan.

Potret kesederhanaan Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

5. Penampilan sederhana Soimah saat sedang mengunjungi makam orangtuanya.

Potret kesederhanaan Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

6. Gaya santai Soimah saat membaut es lilin bersama kerabatnya.

Potret kesederhanaan Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

7. Nampaknya Soimah paling nyaman saat mengenakan kaos. Seperti pada foto di bawah ini.

Potret kesederhanaan Soimah (Sumber: Instagram/showimah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

68 Kapal ASDP Siap Layani Angkutan Mudik

Posted: 05 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi memastikan, seluruh armada kapal untuk angkutan Lebaran sudah siap digunakan. Pihaknya telah menyediakan sebanyak puluhan kapal untuk mengangkut para pemudik.

"Kesiapan insya Allah siap seperti tahun-tahun sebelumnya. Kapal-kapal dalam keadaan sudah didoking. Terutama merak bakauheni traffic terbesar disitu. Kurang lebih Ada 68 Kapal yang siap," kata Ira di Jakarta, seperti ditulis Senin (6/5/2019).

Ira mengatakan, pengoperasian kapal-kapal ini akan dimulai sejak H-4 Lebaran. Itu dilakukan lantaran waktu libur yang panjang menjadi patokan ASDP dalam menyiapkan keberangkatan. Dengan demikian, tidak terjadi kepadatan terhadap penumpang.

"Kurang lebih kita mulai hari H-4, kapal-kapal besar yang akan kita kerahkan. Karena kemungkinan karena liburnya itu cukup (panjang), Kita hitting. Biasanya kapal besar dan kapal kecil Kita kombinasi, mulai H-4 atau H-5 Kita lihat keadaannya," tutur Ira.

Di samping itu, kesiapan lainnya juga ditunjukan dengan telah beroperasinya dermaga baru di Merak beberapa waktu lalu. Layanan eksekutif pun ditawarkan bagi para pemudik yang berkeinginan mencoba.

"Kemudian yang lain ada layanan eksekutif di mana terminal ya itu kapalnya selling time 1 jam. Yang reguler itu 2 jam. 1 jam itu alur Merak Bakauheni," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

ASDP Indonesia Ferry Bakal Rute Penyeberangan Internasional

ASDP Indonesia Ferry (Foto:Liputan6.com/Yandhi Delastama)

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana membuka rute penyeberangan internasional. Setidaknya ada dua negara yang menjadi sasaran ekspansi perusahaan, yaitu Timor Leste dan Malaysia.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan kedua negara ini dianggap memiliki potensi penumpang dan memiliki jarak yang cukup dekat dengan Indonesia.

"Mudah-mudahan tahun ini bisa buka jalur internasional fery dari Maritaing-Dili, Timor Leste dan Dumai-Malaka," kata dia di kantornya, Rabu, 16 Januari 2019.

Upaya ASDP membuka jalur internasional ini, juga sebagai bentuk dukungan perusahaan dalam meningkatkan jumlah wisatawan asing untuk bisa berkunjung ke Indonesia.

Untuk menjalankan rute internasional tersebut ASDP saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, Bea Cukai, Imigrasi, Kementerian Perhubungan dan juga Kementerian BUMN sebagai pemegang saham.

"Kenapa dua daerah ini kita kaji karena dua wilayah ini ada hubungan tradisional dengan Indonesia. Selain itu pergerakan jalur darat diantara dua daerah itu juga besar, jadi kita akan ambil market itu," ucap Ira.

Memang, tahun ini ASDP juga meningkatkan perannya di sektor pariwisata. Untuk dalam negeri, saat ini ASDP juga tengah mengembangkan destinasi wisata di Labuan Bajo, NTT. Bahkan di sana, ASDP juga membangun terminal penumpang VIP berikut dengan fasilitas lengkapnya.

 

ASDP Indonesia Ferry Bidik Angkut 8,6 Juta Penumpang

PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan KMP Ihan Batak. Moda transportasi baru ini memudahkan mobilitas wisatawan dalam mengekplorasi Danau Toba.

Sebelumnya, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) membidik dapat melayani 8,6 juta penumpang, 6,84 juta kendaraan dan 1,14 juta ton barang pada tahun ini.

Ini setelah perusahaan melayani 7,1 juta penumpang, 6,46 juta kendaraan, dan 882 ribu ton barang selama tahun 2018. Layanan ini  dengan menggunakan 151 unit kapal di 35 pelabuhan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada seluruh jajaran karyawan yang berada di kantor pusat maupun cabang dalam mendukung kinerja layanan angkutan penyeberangan, khususnya yang berada di 29 cabang dan 35 pelabuhan yang dikelola ASDP.

"Pencapaian angka produksi penyeberangan selama tahun 2018 menunjukkan performansi yang positif. Dengan melihat tren kenaikan penumpang dan kendaraan, dapat diartikan bahwa layanan kapal ferry masih menjadi alternative transportasi penumpang dan logistik yang diminati oleh pengguna jasa," ujar dia di kantornya, Rabu (16/1/2019).

Di awal tahun 2019, ASDP akan melakukan percepatan dalam mencapai visi perusahaan untuk menjadi terdepan dalam jasa pelabuhan dan angkutan penyeberangan di Tanah Air.

"ASDP tidak hanya mendorong konektivitas antarpulau, tetapi juga memperkuat sektor logistik, serta mampu mendorong pengembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat," ujarnya.

Salah satu yang akan menjadi fokus percepatan ialah pengembangan Terminal Eksekutif Merak dan Bakauheni untuk beroperasi secara penuh, termasuk tenant retail, sehingga dapat menjadi fasilitas dan destinasi yang menjadi pilihan pengguna jasa penyeberangan.

"Pada angkutan Natal dan Tahun Baru lalu, ASDP telah sukses melakukan ujicoba operasional. Kami berharap, pengguna jasa baik yang menyeberang ataupun non menyeberang dapat menikmati pengalaman yang berbeda saat berada di terminal, maupun kapal eksekutif yang berkonsep modern tersebut," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Naik Ojek Online Tanpa Helm, Jessica Mila Dicibir

Posted: 05 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jessica Mila belum lama ini diserang oleh komentar kurang sedap dari warganet di media sosial. Ia bersama sahabatnya, Enzy Storia, terlihat sedang dibonceng oleh pengemudi ojek online di sebuah tempat.

Selain boncengan bertiga, Jessica Mila dan Enzy Storia juga menaiki sepeda motor milik pengemudi ojek tersebut tanpa memakai helm. Video keduanya lantas diunggah melalui akun Instagram @dramaojol.id.

"Kesayangan akoh naik ojol @jscmila @enzystoria," begitu keterangan yag ditulis melalui unggahan akun tersebut, Sabtu (4/5/2019).

Setelah video tersebut diunggah, Jessica Mila dan Enzy Storia langsung dicibir melalui komentar unggahan tersebut. Alhasil baik Jessica maupun Enzy, sama-sama mengklarifikasi kejadian sebenarnya di balik video tersebut.

Terburu-buru

Enzy menuliskan komentar video tersebut dengan menjelaskan bahwa ia dan Jessica terpaksa naik ojek berdua tanpa helm karena terburu-buru menuju konser Ed Shareen pada Jumat (3/5/2019).

"Wkwk ya moon maap, ini tuh semalem nyasar salah gate mau nonton ed sheeran udah capek bgt jalan muter2 di gbk akhirnya minta tolong anterin abang ojek ini. Thx loh bang! Walaupun sengaja bgt ngerem mendadak :)," tulis Enzi.

Meluruskan

View this post on Instagram

jadi begini ceritanya gaes

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on

Sementara itu, Jessica Mila mengunggah video di Instagram Story. Ia meluruskan persepsi warganet yang menuding dirinya dan Enzi melanggar peraturan. Jessica meyakinkan bahwa mereka hanya menaiki ojek di sekitar Gelora Bung Karno.

"Oke banyak banget yang salah sangka kenapa naik ojek bertiga dan tidak pakai helm, jadi kemarin itu aku naik ojek cuman di gelora bung karno saja. Itu dekat banget sebenarnya cuma kita capek banget dan sudah telat juga. Ya sudah, kita mutusin untuk naik ojek. Maaf ya guys," terang Jessica Milla.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Senin 6 Mei 2019 di Kota Besar, Serta Doanya

Posted: 05 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Senin 6 Mei 2019 tentunya akan berbeda di setiap daerah. Bahkan di daerah yang sangat berdekatan sekalipun akan ada perbedaan waktu berbuka puasa.

Tentunya dengan adanya perbedaan waktu dalam berbuka puasa di setiap daerah, kamu harus teliti dan tahu betul waktu berbuka di tempatmu. Jangan sampai salah sangka dan berbuka di waktu yang salah.

Kamu belum diperbolehkan berbuka puasa bila belum waktunya di tempat tinggalmu. Walaupun kamu melihat di televisi sudah waktunya berbuka untuk salah satu daerah.

Selama waktu berbuka untuk daerah tempat tinggalmu belum masuk, maka kamu harus menunggu jadwal buka puasa hari ini Senin 6 Mei 2019. Untuk itu kamu wajib mengetahui jadwal berbuka puasa di tempat tinggalmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, jadwal buka puasa hari ini Senin 6 Mei 2019, Senin (6/5/2019).

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Senin 6 Mei 2019 di Kota-Kota Besar

Inilah Jadwal Buka Puasa Hari Ini Senin 6 Mei 2019 di beberapa kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.49 WIB

Bandung: 17.49 WIB

Surabaya: 17.24 WIB

Jogja: 17.32 WIB

Medan: 18.33 WIB

Palembang: 18.01 WIB

Solo: 17.31 WIB

Malang: 17.23 WIB

Pontianak: 17.46 WIB

Denpasar: 18.12 WITA

Makassar: 18.00 WITA

Palu: 18.03 WITA

Ambon: 18.26 WIT

Doa Niat Puasa Ramadan

Berpuasa di bulan ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya.

Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak-anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin 'an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta'aala.

Artinya: "Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadhan karena Allah Ta'ala."

Pentingnya niat puasa ramadan bahkan bisa membuat puasamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup.

Niat merupakan doa puasa ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai sholat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghapalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa ramadan ini.

Doa Buka Puasa Ramadan

Ada dua versi doa puasa ramadan untuk berbuka puasa. Salah satunya mungkin yang sering kamu gunakan dan sering didengar di televisi saat datangnya waktu berbuka puasa.

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: "Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih."

Doa satu ini yang telah umum didengarkan dan diajarkan kepada kamu di sekolah. Selain itu, kamu juga akan sering mendengarnya di televisi maupun di radio di waktu berbuka puasa.

Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak menghapalkan doa puasa ramadan satu ini. Ketika sudah masuk waktu berbuka puasa yang bertepatan dengan azan maghrib, kamu harus mengucapkan Alhamdulillah dan membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan maupun minuman yang tersedia.

Walaupun kamu berada di tempat yang berbeda, dan memiliki waktu yang berbeda pula saat berbuka puasa, doa berbuka puasa tetap sama dan menjadi salah satu doa puasa ramadan yang sangat penting untuk dihapalkan.

Sedangkan doa berbuka puasa yang kedua bersumber dari salah satu hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dzahabazh zhoma'u wabtallatil 'uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: "Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki." (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud)

Kamu tidak harus mengucapkan kedua doa puasa ramadan tersebut saat akan berbuka puasa. Kamu hanya perlu melafadzkan salah satunya dan bisa langsung makan setelah itu. Tapi ingat, jangan makan terlalu berlebihan karena seharian belum makan. Makanlah secukupnya karena yang berlebihan itu selalu tidak baik.

Dengan mengenal doa-doa yang harus diketahui selama bulan ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah di bulan ramadan diterima oleh Allah SWT.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Raja Baru Thailand Diarak Memakai Tandu Berlapis Emas

Posted: 05 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maha Vajiralongkorn resmi menjadi raja Rama X atau raja baru di Thailand. Ia diarak keliling kota Bangkok dengan menaiki tandu berlapis emas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andi Arief: Ada Setan Gundul Ganggu Koalisi dan Bisiki Kemenangan Prabowo

Posted: 05 May 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief kembali menyebut istilah baru yang menganggu koalisinya antara Gerindra, Berkarya, PKS, dan PAN. Dia menyebut dengan istilah 'setan gundul' di akun Twitternya.

"Dalam koalisi adil makmur ada Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, Berkarya, dan rakyat. Dalam perjalanannya muncul elemen setan gundul yang tidak rasional, mendominasi dan cilakanya Pak Prabowo mensubordinasikan dirinya. Setan Gundul ini yang memasok kesesatan menang 62 persen," kata Andi dalam akun Twitternya, Senin (6/5/2019).

Dia menuturkan, 'setan gundul' ini membuat info sesat untuk calon presiden Prabowo Subianto.

"Gerakan rakyat itu hancur lebur karena setan gundul memberi info sesat 02 menang 62 persen. Tidak ada people power berbasis hoaks," lanjut Andi.

Dia juga mengingatkan, Demokrat hanya menginginkan berkoalisi dengan PKS, Gerindra, Berkarya, dan PAN saja, tanpa 'setan gundul' yang dimaksudnya.

"Partai Demokrat hanya ingin melanjutkan koalisi dengan Gerindra, PAN, PKS, Berkarya dan Rakyat. jika Pak Prabowo lebih memilih mensubordinasikan koalisi dengan kelompok setan gundul, Partai Demokrat akan memilih jalan sendiri yang tidak hianati rakyat," kata Andi.

 

Respons BPN Prabowo-Sandi

Dikonfirmasi terpisah, Juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, mengatakan, tidak tahu dengan yang dimaksud setan gundul itu.

"Mengenai setan gundul yang di sampaikan bang Andi Arief, saya terus terang tidak tahu. Yang saya ketahui bahwa Koalisi ini terdiri dari Gerindra, Demokrat, PKS, PAN, dan Berkarya ini masih solid dan punya komunikasi yang baik," kata Andre saat dikonfirmasi Liputan6.com.

Dia menuturkan, 5 Parpol ini masih memimpin di BPN. Dan ada baiknya jika ada yang ingin disampaikan, jangan melalui media sosial.

"Dan koalisi 5 Parpol inilah yang memimpin di BPN. Harapan saya kalau ada pertanyaan dari kader koalisi, hal ini lebih baik di sampaikan di forum Internal, bukan di medsos," dia memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Kegiatan Ini Dapat Mengurangi Pahala Puasa, Ada yang Bisa Membatalkan

Posted: 05 May 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam di seluruh dunia sedang bersuka cita menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Bulan suci yang penuh berkah, rahmat dan maghfiroh ini tentunya sangat dinantikan kehadirannya.

Di bulan yang penuh kemuliaan ini, setiap kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya. Oleh karenanya, semua umat muslim berbodong-bodong berbuat kebaikan dengan sesama dan tingkatkan ibadah kepada Allah.

Setiap Muslim ingin berpuasa di bulan Ramadan dengan sempurna. Tidaklah mudah menjaga agar ibadah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar hingga terbenam matahari tersebut tidak sia-sia belaka. Untuk itu kita perlu mengerti beberapa hal yang bisa membatalkan ibadah tersebut.

Dan beberapa hal itu seringkali adalah sesuatu hal sepele yang bisa saja tidak disadari bisa membatalkan puasa. Berikut 8 kegiatan yang bisa mengurangi pahala puasa bahkan bisa sampai membatalkan puasa Ramadan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019).

Ada yang hukumnya makruh

1. Merokok

Ilustrasi Merokok (sumber: unsplash)

Kenapa merokok membatalkan puasa? Padahal kita tidak memasukan apapun ke dalam perut kita saat merokok. Saat merokok, kita secara sengaja memasukkan suatu benda ke dalam salah satu lubang dalam tubuh yang menyambung hingga ke lambung. Kegiatan merokok juga bisa menimbulkan rasa kenikmatan. Karena dua hal tersebut, maka merokok akan membatalkan puasa kamu.

 2. Menyikat Gigi

Beberapa ulama mengatakan kegiatan menyikat gigi saat puasa adalah makruh dan bisa membatalkan puasa, terutama pada saat sebelum waktu Zuhur hingga Ashar.

Seringkali dianggap sepele

3. Berkumur saat puasa

Seperti halnya sikat gigi saat berpuasa, berkumur juga dapat membatalkan puasa. Apalagi jika aktivitas berkumur tersebut dilakukan dengan berlebihan ketika cuaca sangat terik.

 

4. Terlalu Emosi

Ilustrasi Terlalu Emosi (sumber: unsplash)

Di samping hawa nafsu, kita juga perlu menahan emosi atau kemarahan selama berpuasa. Jika seseorang yang sedang berpuasa tidak mampu mengekang emosi (marah-marah secara kasar), maka puasanya akan berkurang pahala. 

Perhatikan benar-benar agar puasamu tetap lancar

5. Berenang

Ilustrasi Berenang (sumber: unsplash)

Pasti banyak nih yang bertanya-tanya apakah selama berpuasa boleh berenang. Sebenarnya berenang boleh-boleh saja selama bulan puasa tapi yang pasti kamu harus menjaga tidak ada air yang masuk ke dalam tubuhmu. Hal ini tentu saja bisa membatalkan puasa tanpa kamu sadari jadi lebih baik kamu berenang setelah waktu berbuka.

 

6. Menelan sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi. 

Terkadang walaupun sudah menyikat gigi setelah sahur, kita masih menemukan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi. Jika kita menelannya kembali itu saja kita memakan sesuatu dan dapat membatalkan puasa.

Sebaiknya tidak dilakukan

7. Melamun

Melamun. Foto: mnn

Sebenarnya melamun tidaklah membatalkan puasa. Tapi melamun yang dimaksud di sini adalah melamunkan sesuatu yang mengudang shawat disertai dengan kemampuan menahan keluarnya mani atau madzi.

 

8. Mabuk dan pingsan

Jika  disengaja,  maka  mabuk  dan pingsan  membatalkan  puasa  biarpun  sebentar. Seperti  dengan sengaja  mencium  sesuatu  yang  ia tahu  kalau  menciumnya  pasti mabuk atau pingsan. Jika mabuk dan pingsannya adalah tidak disengaja  maka akan membatalkan puasa jika terjadi seharian penuh.

Mitos yang Membatalkan Puasa

1. Menangis

Ilustrasi Menangis (sumber: unsplash)

Tidak ada yang melarang kamu untuk tidak boleh menangis saat berpuasa. Menangis itu diperbolehkan, tapi tidak boleh berlebihan. Karena itu yang akan membatalkan puasamu. Menangis tersedu-sedu atau terlalu berlebihan tentunya dapat membuat seseorang tidak dapat mengontrol emosi.

 

2.  Donor darah

Donor darah itu diperbolehkan saat puasa asalkan tidak menimbulkan bahaya dan berakibat buruk bagi si pendonor sehingga menyebabkan dia harus membatalkan puasanya.

Mitos yang Membatalkan Puasa

3. Mengorek hidung atau telinga bikin batal puasa

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa memasukkan sesuatu ke lubang hidung atau telinga dapat membatalkan puasa, tapi tidak ada dalil yang menunjukkan hukum tersebut. Karena pada dasarnya mengorek hidung atau telinga hanyalah membersihkan, bukan memasukan sesuatu yang bisa diserap oleh tubuh.

 

4. Olahraga saat puasa bikin badan lemas

Meningkatnya gaya hidup sehat yang dilakukan generasi milenial sedikit banyak karena pengaruh media sosial. (iStockphoto)

Banyak orang yang akhirnya meninggalkan olahraga saat puasa karena takut tubuhnya akan lemas, capek, gampang haus dan lapar. Bahkan banyak juga yang percaya olahraga saat puasa akan menimbulkan bahaya kesehatan. Padahal fakta sesungguhnya berolahraga justru bikin tubuh kamu makin fit, jika dilakukan dengan benar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Ekonomi RI Tumbuh 5,07 Persen pada Kuartal I 2019

Posted: 05 May 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia Kurtal I-2019 sebesar 5,07 persen.

Capaian pertumbuhan ekonominaik tipis apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar 5,06 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Kuartal 1 2019 tumbuh 5,07 persen, naik tipis dibanding periode sebelumnya." kata Kepala BPS, Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Suhariyanto mengatakan, apabila dibandingkan secara year on year memang pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh. Meski tidak signifikan pertumbuhan ini dinilai cukup baik.

Seperti diketahui pada kuartal I-2016 pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat hanya sebesar 4,94 persen. Kemudian naik tipis pada 2017 periode yang sama sebesar 5,01 persen. Dan terakhir pada 2018 tumbuh sebesar 5,06 persen.

"Kita berharap di kuartal II-2019 akan semakin bagus karena akan konsumsi yang lebih tinggi ada Ramadhan dan Lebaran," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

 

Prediksi Ekonom

Pemandangan gedung bertingkat di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (14/3). Bank Indonesia (BI) optimistis ekonomi Indonesia akan lebih baik di tahun 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 diprediksi 5,13 persen. Angka pertumbuhan ekonomi tersebut melambat dibandingkan kuartal IV 2018 sebesar 5,18 persen. Sebelumnya, realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal I 2018 sebesar 5,06 persen.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh pertumbuhan konsumsi rumah tangga seiring peningkatan daya beli konsumen.

Selain itu, terkendalinya inflasi dan kenaikan realisasi pengeluaran bantuan sosial pemerintah hingga 106,2 persen pada kuartal I 2019.

Josua menambahkan, hal ini kemudian juga mendorong stabilnya alokasi pendapatan pada konsumsi periode Januari-Maret 2019.

"Oleh karena itu, kami memproyeksikan ada kenaikan pertumbuhan konsumsi rumah tangga sebesar 5,1 persen lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pada kuartal IV 2018 sebesar 5,08 persen. Selain itu, pengeluaran pemerintah pada kuartal ini juga akan meningkat hingga kisaran 5-6 persen year on year, meningkat dibandingkan periode sebelumnya 4,6 persen," ujar dia, dalam catatan, Senin (6/5/2019).

Ia menuturkan, di sisi lain, investasi akan cenderung melambat akibat perlambatan realisasi belanja barang modal pemerintah bersamaan dengan perlambatan investasi swasta. Ini ditandai oleh stabilnya investasi langsung domestik dan penurunan investasi asing.

Sementara itu, net ekspor akan meningkat seiring perlambatan impor. Mengacu pada perlambatan pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2019, Josua menilai pemerintah perlu menjaga daya beli konsumen dengan menjaga inflasi mendekati Ramadan dan Idul Fitri.

"Pemerintah cenderung akan menjaga suplai makanan dan mempertahankan harga dari barang yang harganya diatur seperti listrik dan bensin hingga akhir tahun ini," kata Josua.

Lebih lanjut ia menuturkan, pemerintah juga akan cenderung berusaha mendorong investasi melalui pemberian investasi melalui pemberian insentif, terutama sektor ekonomi yang mempunyai daya saing ekspor.

Sementara itu, Ekonom Indef Bhima Yudhistira menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di kisaran 5 persen pada kuartal I 2019. Ini karena konsumsi masih stagnan, investasi tertunda karena pemilu dan kinerja ekspor belum bisa diandalkan.

"Pendorong utanga dari belanja pemerintah dalam bentuk belanja pemilu, bantuan sosial, dan dana desa. Pada 2019, proyeksi lima persen (pertumbuhan ekonomi-red)," tutur Bhima.

 

Prediksi Menko Darmin

Menko Perekonomian Darmin Nasution memberi sambutan dalam Indonesia Investmen Forum (IIF) 2018 di ajang Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali, Selasa (9/10). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, memprediksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2019 hanya naik tipis apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar 5,06 persen. Dia menyebut, kisaran pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal berada di atas 5,1 persen.

"Mestinya dia (pertumbuhan ekonomi kuartal I 2019 akan di 5,1 persen atau di atas itu," kata Darmin saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.

Darmin menyebut salah satu alasan kenapa pertumbuhan ekonomi hanya naik tipis lantaran di sektor pertanian sendiri masih rendah. Rendahnya sektor tersebut secara otomatis membuat konsumsi menjadi lesu.

"Lihatnya mulai dari sektor pertanian itu di kuartal I 2019 mungkin belum banyak benar itu kan berakhir Maret. Sementara April puncaknya panen, jadi dari pertanian mungkin di tahun lalu  agak melambat betul panennya," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasasi Ditolak MA, Honda Bersikeras Tidak Pernah Terlibat Pengaturan Harga Skutik

Posted: 05 May 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) tetap bersikeras jika tidak pernah terlibat dalam pengaturan harga skutik 110cc sampai 125cc di Indonesia. Walaupun kasasi terkait kasus kartel, yang juga melibatkan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), ditolak oleh Mahkamah Agung (MA), dan menjadikan dua raksasa sepeda motor asal Jepang ini bersalah dalam kasus tersebut.

Dijelaskan Thomas Wijaya, Marketing Director AHM, pihaknya tentu saja sangat kecewa dengan keputusan MA. Pasalnya, sejak awal jenama berlambang sayap mengepak ini yakin kasasinya tersebut bakal dikabulkan.

"Kami sangat kecewa, karena dari awal kami yakin MA akan mengabulkan kasasi kita. Kami juga belum menerima salinan dari hasil putusan tersebut, jadi secara detail faktor penolakan belum tahu," jelas Thomas ditemui di gelaran Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, yang sudah berakhir, Minggu (5/5/2019).

Lanjut Thomas, hingga saat ini pihaknya belum memastikan langkah hukum selanjutnya untuk kasus kartel tersebut, apakah nantinya ada pengajuan kembali (PK) atau bagaimana masih terus dipelajari hingga salinan putusan MA diterima AHM.

"Dari kami, tidak pernah melakukan itu (Pengaturan harga bersama). Bukti email juga bukan dari kami (email Honda dan Yamaha yang menjadi bukti pada sidang KPPU). Dalam beberapa pemeriksaan, kita juga menjelaskan dalam pengembangan produk seperti apa, aktivitas, dan dalam menentukan harga itu kita independen," tegas Thomas.

Sebelumnya, Thomas juga menilai jika keputusan MA untuk menolak kasasi kasus kartel AHM ini, dinilai tidak hanya merugikan raksasa sepeda motor asal Jepang tersebut, tapi juga sangat berpotensi menimbulkan ketidakpercayaan dunia usaha terhadap kepastian hukum dan berbisnis dan berinvestasi di Indonesia.

"Selama ini kami berhasil mengembangkan usaha, sampai dengan mempekerjakan puluhan ribu karyawan dan berkontribusi besar dalam membayar pajak. Dan keberhasilan itu, kami raih karena kami bekerja dengan sungguh-sungguh, bekerja keras dengan semangat fundamental, bahwa segenap manajemen dan karyawan bekerja keras serta mentaati segenap peraturan perundangan-undangan yang berlaku," tambahnya.

Selanjutnya

Sementara itu, AHM sendiri menjelaskan jika kontribusinya kepada bangsa dan negara dalam bentuk pajak maupun segenap aktivitasnya tidak akan bisa bergulir, jika dalam pelaksanaan bisnis atau usahanya memiliki niat buruk yang dapat melanggar UU, seperti yang dituduhkan Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha (KKPU).

Sebagai informasi, kasus dugaan kartel yang dilakukan PT AHM dan PT YIMM ini berawal dari laporan Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KKPU). Setelah itu, dilakukan serangkaian sidang.

Pada Februari 2017 lalu KPPU telah menyatakan dua produsen sepeda motor bersalah. Namun, kedua jenama ini tetap bersikukuh tidak bersalah dan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA). Upaya tersebut dilakukan pada 28 Desember 2017.

 

Selanjutnya

Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) Dyonisius Beti, (9/1/2017) menyatakan bahwa KPPU salah menyatakan fakta dan analisa.

Sebab pada 2012 hingga 2014 Yamaha hanya membekali skutiknya itu dengan mesin 115 cc. Sementara model 125 cc baru meluncur pada awal 2015.

"Investigator salah membandingkan Vario 125 Techno dengan Yamaha Soul GT yang tergolong 110 cc," papar Dyonisius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Reaksi Fans Usai MU Tak Lolos ke Liga Champions

Posted: 05 May 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Manchester United (MU) telah dipastikan tidak akan tampil di Liga Champions musim depan. Kegagalan tersebut terjadi usai ditahan imbang 1-1 oleh tim juru kunci, Huddersfield Town, di John Smith's Stadium, Minggu malam WIB (5/5/2019).

Lantaran gagal menang dan hanya mendapat tambahan satu poin, dengan masih menyisakan satu pertandingan terakhir musim ini dan laga itu diasumsikan menang, poin MU hanya akan menjadi 69. 

Poin itu tak akan mampu menggeser Tottenham Hotspur, yang berada di peringkat keempat (batas aman zona Liga Champions), dengan koleksi poin 70. Sama halnya Man United, Spurs masih menyisakan satu laga lagi.

Setelah pertandingan kontra Huddersfield, fans Man United ramai di media sosial. Mereka menggunakan akun masing-masing untuk meluapkan reaksi mereka dengan prestasi minor tim kesayangan musim ini.

"Setiap pemain di lapangan itu seharusnya dijual saja setelah pertandingan ini," tulis seorang fans Setan Merah dalam akun Twitter.

"Tim ini sudah kehilangan hati. Saya bahkan tak perlu repot membela siapa pun lagi. Benar-benar memalukan," timpal yang lain.

"Klub sepak bola memalukan. Tak ada Liga Champions. Pemain yang dibayar terlalu berlebihan. Pemilik yang tak peduli.  Tim tanpa fondasi. Agen menggunakan klub untuk mendapatkan keuntungan. Kami tamat. Klub saya tonton saat tumbuh, hanya eksis dalam ingatan," sungut salah seorang penggemar Man United.

"Sangat buruk, bukan sepak bola, tanpa hati, tanpa perlawanan, kehabisan ide," tulis fans Setan Merah dalam Twitter.

Pada laga terakhir musim ini, MU akan menjamu Cardiff City, tim yang juga sudah dipastikan terdegradasi, di Old Trafford. Harapan terbaik kini hanya tampil di Liga Europa musim depan tanpa melalui fase kualifikasi.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Jangan Sampai Beli Produk Kecantikan Palsu, Ini Tipsnya

Posted: 05 May 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Untuk Anda penggemar segala hal yang berbau kecantikan baik itu seputar produk kecantikan seperti makeup dan skincare pasti ingin selalu terus mengikuti beragam tren yang terjadi. Tak jarang sebagian dari Anda ingin menjadi orang yang pertama untuk memiliki produk kecantikan terkini.

Namun, seiring berkembangnya teknologi dan berubahnya kebiasaan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan, seperti produk kecantikan secara online memiliki beberapa keresahan tersendiri.

Menjual dan membeli produk kecantikan secara online memang lebih efisien daripada kamu harus keluar rumah dan datang ke toko. Sayangnya, proses jual beli produk kecantikan secara online juga lebih bebas, semua orang bisa menjual dan membeli.

Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh banyak oknum tidak bertanggung jawab untuk menjual produk kecantikan palsu.

 

 

Waspada Produk Palsu

Ilustrasi makeup dan skincare (Foto: iStockphoto)

Produk kecantikan palsu sangat berbahaya jika kamu gunakan langsung ke kulit, terutama bagian wajah, karena kamu tidak tahu kandungan apa saja yang ada di dalamnya, benar? Kabar gembira datang dari L'Oreal yang bekerja sama dengan Tokopedia untuk menjual produk kecantikan mereka.

Kerjasama L'Oreal dan Tokopedia

Ilustrasi alat kecantikan/copyright pexel

Berbagai manfaat bisa kamu rasakan ketika membeli produk kecantikan melalui website resmi, seperti promo menarik dan pilihan produk yang hanya dijual khusus melalui website tersebut. Sedang berencana membeli produk L'Oreal?

Tokopedia memberikan berbagai penawaran menarik, seperti cashback dan liburan ke Paris bersama beberapa influencer favoritmu melalui kontes video. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi salah membeli produk kecantikan palsu. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Film Terlaris Kedua Sepanjang Masa, Avengers: Endgame Geser Titanic

Posted: 05 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Avengers: Endgame sukses menjadi film yang diminati banyak penonton. Di berbagai negara, Avengers: Endgame menjadi topik pembicaraan sejumlah penikmat film.

Tak cuma menghibur penonton dan penggemar, Avengers: Endgame juga sukses secara komersial. Film yang dibintangi oleh Chris Evans, Robert Downey Jr, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson dkk ini kembali dilaporkan telah mendapat hasil spektakuler setelah dua minggu penayangan.

Seperti dilansir dari Variety, Avengers: Endgame kini resmi menjadi film terlaris kedua di dunia sepanjang masa. Posisi itu sebelumnya ditempati oleh Titanic yang juga melegenda.

Selama dua minggu penayangan, Avengers: Endgame sukses membukukan pendapatan $2,188 miliar atau sekitar Rp 31,1 triliun. Film superhero tentang perjuangan Captain America dkk melawan Thanos ini mengungguli Titanic dengan beda pendapatan $1 juta.

 

 

Pecahkan Rekor Lagi

Terinspirasi dari 'Avengers: Endgame' karya Marvel Studios, OPPO menghadirkan OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition: End Game.

Avengers: Endgame juga berhasil memecahkan rekor film tercepat yang berhasil menembus pendapatan lebih $2 miliar. 

Avengers: Endgame hanya butuh waktu 11 hari untuk meraup pendapatan fenomenal. Rekor sebelumnya masih dipegang oleh Avatar, yang juga digarap oleh sutradara Titanic, James Cameron. 

 

Masih Berpeluang

Hobbs & Shaw (Universal)

Avatar mendapatkan $2 miliar dalam waktu 47 hari tapi sampai sekarang masih bertahan selama 10 tahun sebagai film paling laris sedunia sepanjang masa.

Avengers: Endgame ada kesempatan untuk melaju dari nomor satu. Tapi tentunya tak mudah karena sebentar lagi sederet film keren yang sudah ditunggu-tunggu banyak penonton juga akan tayang seperti Detective Pikachu, Godzilla: King Of Monsters, Aladdin, The Lion King dan Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gedung BUMN Center Usung Konsep Burung Garuda

Posted: 05 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PP (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan PT Danareksa (Persero) dalam rangka pembangunan dan pengembangan Gedung BUMN Center.

Direktur Utama PTPP Tbk, Lukman Hidayat mengatakan, kawasan BUMN Center terdiri dari‎ Gedung Telkom dan Gedung Danareksa‎, yang terintegrasi dengan Gedung Kementerian BUMN yang ada saat ini.

Pembangunan gedung tersebut dilakukan di atas lahan sekitar 9.300 m2 milik Danareksa dan 11.439 m2 milik Telkom.

"Harapannya dengan membangun Gedung BUMN Center dapat mempermudah serta mempercepat koordinasi serta mendorong terbentuknya kerjasama sinergi antar perusahaan BUMN," ujar dia di Jakarta, Senin (6/5/2019).

Dia menuturkan, konsep design BUMN Center yaitu Burung Garuda. Kepak dua sayapnya merupakan Gedung Kembar yang menyerupai sayap Garuda sebagai lambang Negara Indonesia serta Gedung Kementrian BUMN sebagai kepala dari burung garuda. Design BUMN Centre ini direncanakan menjadi bangunan dengan kualitas grade A. 

Gedung BUMN Center akan memiliki 32 lantai yang terdiri dari 2 lantai podium, 2 lantai facility, 1 lantai refugee, 27 lantai office space serta dilengkapi dengan 3 lapis basement pada masing-masing  tower. 

"Gedung BUMN Center nantinya diharapkan sebagai rumah bagi BUMN yang ada di seluruh Indonesia dengan total SGA (West & East tower) sekitar 109.820 m2. Sehingga dapat menampung BUMN-BUMN yang ada di seluruh Indonesia dan meningkatkan sinergi antar BUMN serta pelayanan yang lebih baik untuk negeri," ungkap dia.‎

 

Selanjutnya

Menteri Rini Soemarno resmikan gedung baru Kementerian BUMN. Dok: Maulandy Rizky Bayu Kencana/Liputan6.com

Pembangunan Gedung BUMN Center akan dimulai dengan dua tahap pengembangan, yaitu Pengembangan West Tower di atas tanah milik Danareksa dan dilanjutkan dengan East Tower di atas tanah milik Telkom.

Pengembangan tahap 1 diperkirakan akan memakan waktu sekitar 3 tahun dan diharapkan dapat beroperasi pada tahun ke-4 setelah selesainya masa pembangunan. 

"Dalam proses konstruksi, PTPP akan mengimplementasikan teknologi BIM 4D, Virtual Reality, Augmented Realty, Mixed Realty, Laser Scan Technology, Photogrammetry dan 3D Printing sehingga pelaksanaan konstruksi menjadi lebih cepat, akurat, efisien dan menghasilkan produk yang berkualitas. Kami berharap dengan terjalinnya sinergi antar BUMN akan meningkatkan nilai tambah bagi masing-masing perusahaan," ujar dia.

Selain pengembangan pada tanah Danareksa dan Telkom direncanakan juga akan dilakukan pengembangan pada lahan Garuda Indonesia seluas 3.955 m2.

Pengembangan di lahan milik Garuda Indonesia direncanakan terkoneksi dan terintegrasi pada Gedung BUMN Center dan diharapkan menjadi satu kesatuan daerah perencanaan yang akan dinamakan Kawasan BUMN Center.  

Di atas lahan Garuda direncanakan bangunan gedung setinggi 14 lantai yang memiliki fungsi utama sebagai supporting kegiatan yang ada di dalam Kawasan BUMN Center, sehingga dengan saling terintegrasinya dalam satu kawasan pengembangan diharapkan Kawasan BUMN Center ini sebagai ikon dan wadah untuk saling bersinerginya BUMN yang ada di Indonesia.

 

 

Menteri Rini Resmikan Gedung Baru Kementerian BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Minggu sore ini meresmikan Gedung Kementerian BUMN yang tampak luarnya (fasad) rampung diperbaharui.

Pada kesempatan yang sama, turut dilakukan seremonial groundbreaking BUMN Center yang akan dibangun di Komplekw Gedung Kementerian BUMN.

Acara ini dihadiri pejabat Kementerian BUMN dan direksi perusahaan BUMN.  Antara lain, Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani hingga Firektur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo.

Pada 2019 yang juga menjadi ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN, Menteri Rini menilai BUMN masih punya tugas besar untuk bisa mensejahterakan bangsa.

"Kita sebetulnya masih diberi tugas panjang dan besar dalam rangka bina dan kelola BUMN untuk tingkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Pada 2003 kita punya UU BUMN yang menekankan BUMN dibentuk untuk dorong pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran rakyat," ungkapnya dalam kata sambutan, Minggu, 5 Mei 2019.

Terkait pembentukan BUMN Center, ia menyatakan, total akan ada lahan seluas 4 hektare (ha) dengan jumlah space available sebesar 117 ribu meter persegi.

"Nanti rencananya, sebelah kiri-kanan (komplek) akan dibuat gedung oleh Danareksa dan Telkom, dan akan menjadi BUMN center. Ini diharapkan bisa melanjutkan komitmen kita untuk bisa jadi one family," sebutnya.

"Tujuan utamanya adalah kita punya BUMN center, pemilik utamanya tetap satu, negara, yakni rakyat Indonesia, sehingga kita punya tanggung jawab dalam melakukan apapun. Itu harus tanggung jawab, transparan dan accountable," dia menambahkan.

Dia melanjutkan, keberpihakan BUMN kepada rakyat ditunjukan dengan adanya program BUMN Hadir Untuk Negeri. "Kita betul-betul bisa mewujudkan tagline BUMN Hadir Untuk Negeri dengan membantu seluruh masyarakat Indonesia dengan program pangan murah, solar murah, program padat karya tunai, dan lain-lain," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester United Gagal Raih Tiket Liga Champions

Posted: 05 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United dipastikan gagal meraih tiket ke Liga Champions seusai finis di luar empat besar klasemen Liga Inggris dengan hasil imbang 1-1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Liga Europa: Pertaruhan Nasib Arsenal

Posted: 05 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan bertandang ke Stadion Mestalla untuk menantang tuan rumah, Valencia pada leg kedua semifinal Liga Europa, Jumat (10/5/2019) dinihari WIB. Meriam London punya bekal kemenangan 3-1 pada leg pertama di Emirates Stadium.

Juara Liga Europa menjadi satu-satunya harapan Arsenal untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Itu setelah mereka ditahan imbang 1-1 oleh Brighton Albion dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (5/5/2019) WIB.

Tambahan satu poin gagal menaikan posisi Arsenal ke peringkat keempat. Tim asuhan Unai Emery ini mengemas 67 poin, dan akan menghadapi Burnley di pertandingan terakhir.

Selain Valencia vs Arsenal, semifinal Liga Europa lainnya akan mempertandingkan Chelsea vs Eintracht Frankfurt. Di leg pertama, Chelsea bermain imbang 1-1 dengan Frankfurt.

The Blues -julukan Chelsea- hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk memastikan diri ke babak final. Berikut jadwal semifinal Liga Europa selengkapnya.

 

Jadwal Semifinal Liga Europa

Ilustrasi Liga Europa

Jumat (10/5/2019) dinihari WIB

02:00 WIB, Valencia vs Arsenal

02:00 WIB, Chelsea vs Eintracht Frankfurt

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Menu Buka Puasa yang Segar dan Simpel, Mudah Dipraktikkan

Posted: 05 May 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan penuh berkah, bulan Ramadan telah tiba. Banyak orang yang pastinya mempersiapkan dan menyambut bulan Ramadan tahun ini dengan baik. Hal ini dikarenakan, bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan berkah. Setiap orang pun akan berlomba-lomba untuk mengamalkan kebaikan di bulan Ramadan ini.

Banyak hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan. Salah satunya ialah mempersiapkan sahur dan juga menu buka puasa. Berbagai menu buka puasa bisa kamu jajal di Ramadan ini loh. Namun yang tak ingin terlewatkan tentu menu buka puasa yang segar dan juga simpel.

Menu buka puasa yang pasti diincar banyak orang tentu saja yang segar dan simpel. Bahkan banyak pula para penjual takjil yang menyediakan menu buka puasa tersebut. Namun, jika kamu ingin berkreasi, kamu pun bisa menjajal berbagai menu buka puasa yang simpel terlebih dahulu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019) berbagai menu buka puasa segar dan simpel yang bisa kamu coba.

Menu yang menyegarkan

Menu buka puasa (Sumber: iStockphoto)

1. Es Kelapa Muda

Salah satu menu buka puasa yang simpel dan bisa kamu jajal ialah es kelapa muda. Kelapa muda sendiri merupakan buah yang bisa kamu temukan dimana pun. Ketika bulan Ramadan datang, tentu kamu akan mengalami dehidrasi. Nah air dari kelapa ini bisa membantu untuk mengganti cairan pada tubuh loh.

Selain itu, kamu pun bisa membuat es kelapa muda sendiri di rumah. Bahan yang kamu perlukan ialah kelapa muda, es batu, sirup ataupun gula cair. Kamu hanya perlu menyampurkan semua bahan sesuai dengan selera.

2. Sop Buah

Sop buah sendiri merupakan menu buka puasa yang sangat menyegarkan dan pastinya menyehatkan. Hal ini karena menu sop buah menggunakan berbagai macam buah-buahan yang segar. Jika kamu membuat sop buah sendiri di rumah, tentu kamu bisa menambahkan buah favoritmu di dalam sop buah tersebut.

Berbuka dengan sop buah menjadi salah menu favorit di bulan puasa ini loh. Selain karena menyehatkan dan menyegarkan, sop buah pun banyak dijajakan di pinggir jalan saat bulan Ramadan.

Jika kamu ingin membuat sop buah sendiri kamu hanya perlu menyiapkan berbagai buah segar, seperti apel, kelapa muda, melon, anggur, nangka. Tentu buah tersebut bisa kamu ganti sesuai dengan selera. Selain itu, kamu perlu menambahkan es batu, kental manis dan juga sirup.

Mudah dibuat

Menu buka puasa (Sumber: iStockphoto)

3. Es Cendol

Es Cendol salah satu menu buka puasa yang cukup menyegarkan. Es cendol juga salah satu minuman yang banyak ditemui di pinggir jalan loh. Apalagi saat bulan puasa, banyak pula pedagang yang turut menjajakan es cendol sebagai salah satu menu buka puasa. Minuman dengan bahan tepung beras ini juga bisa kamu buat sendiri.

Bahkan bahan utama dari es cendol ini bisa kamu temui di berbagai supermarket. Kamu hanya perlu menyiapkan cendol, gula merah, es batu, dan santan cair. Santan cair ini bisa diganti juga dengan susu cair putih sesuai selera.

4. Es Lidah Buaya

Mungkin bagi kamu jarang mendengar es lidah buaya. Namun es lidah buaya ini cukup menyehatkan loh. Selain itu, bahan yang diperlukan untuk membuat es lidah buaya pun tidak terlalu rumit.

Es lidah buaya juga menyegarkan, apalagi bila diminum setelah seharian berpuasa. Jika kamu ingin mencoba membuat es lidah buaya, bahan yang dibutuhkan ialah daging lidah buaya, gula, daun pandan, biji selasih dan es batu.

Kamu hanya pelu untuk merebus air bersamaan dengan gula dan juga daun pandan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kamu hanya perlu memasukkan daging lidah buaya lalu matikan api. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga uap panasnya hilang. Setelah itu, sajikan di gelas saji dan tambahkan biji selasih dan juga es batu.

Cepat disajikan

Menu buka puasa (Sumber: iStockphoto)

5. Es Blewah

Es blewah juga salah satu menu buka puasa yang cukup mudah ditemukan. Selain itu, es blewah juga sangat menyegarkan bila di santap saat berbuka puasa. Buah blewah sendiri bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasar tradisonal, toko buah bahkan di supermarket. Bahan untuk membuat es blewah juga cukup mudah, sehingga kamu bisa membuat sendiri dirumah.

Kamu hanya memerlukan buah blewah yang telah diserut tipis, sirup, kental manis dan juga es batu. Kamu hanya perlu meletakkan serutan buah blewah di gelas saji. Kemudian tambahkan sirup cocopandan, dan kental manis sesuai selera. Setelah itu tambahkan es batu agar es blewah yang kamu buat semakin menyegarkan.

6. Es Kacang Hijau

Menu buka puasa yang bisa kamu nikmati ialah es kacang hijau. Selain menyehatkan, es kacang hijau juga menyegarkan. Bahkan menu buka puasa satu ini pun memiliki banyak manfaat. Kacang hijau sendiri memiliki protein yang baik bagi tubuh. Bahkan es kacang hijau ini bisa kamu dapatkan dengan mudah bukan hanya di bulan Ramadan saja.

Kamu pun bisa membuat menu buka puasa ini di rumah. Bahan yang kamu butuhkan, tentu saja kacang hijau, daun pandan, santan, gula merah, sirup dan es batu. Kamu hanya perlu merendam kacang hijau hingga mengembang di air panas.

Setelah itu tiriskan dan rebus kacang hijau hingga empuk. Setelah itu tambahkan daun pandan, gula merah, sedikit santan dan aduk hingga tercampur rata. Setelah matang, kamu bisa menyajikannya di dalam mangkuk saji. Tambahkan es batu, dan juga sirup untuk pemanis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Puji Kesigapan India Selamatkan Jutaan Orang dari Hantaman Topan Fani

Posted: 05 May 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan para ahli lainnya, memuji India atas sistem peringatan dini dan evakuasi cepat terhadap lebih dari satu juta orang, yang membantu meminimalisasi korban jiwa saat Topan Fani menghantam pesisir timur negara itu.

Menurut ketua menteri negara bagian Odisha, Naveen Patnaik, Topan Fani adalah badai tropis "paling langka yang pernah terjadi" di anak benua India dalam satu dekade terakhir, dan menghantam pesisir India timur pada Jumat.

Dikutip dari Al Jazeera pada Senin (6/5/2019), Topan Fani meninggalkan jejak kehancuran di Odisha, yang berpenduduk sekitar 46 juta orang, sebelum melaju menuju Bangladesh.

"Karena kelangkaannya, pelacakan dan prediksi topan tersebut sangat menantang. Bahkan sampai 24 jam pendaratan, seseorang tidak yakin tentang lintasan yang akan dilalui," kata Patnaik dalam sebuah pernyataan.

"Ini mengarah ke salah satu evakuasi manusia terbesar dalam sejarah, yakni mencapai rekor 1,2 juta orang dalam 24 jam," lanjutnya memuji.

Pada 1999 silam, negara bagian yang sama dilanda badai topan selama 30 jam, memicu kehancuran akibat terhangan gelombang air laut hingga radius 20 kilometer di daratan.

Hantaman topan tersebut menewaskan lebih dari 10.000 orang, dan menjadi salah satu dampak bencana alam terburuk sepanjang sejarah India modern.

Namun kali ini, model ramalam cuaca yang diperbarui, kampanye kesadaran publik, dan rencana evakuasi secara sigap --yang didukung oleh pasukan khusus dan sukarelawan-- telah menyelamatkan jutaan penduduk negara bagain Odisha dari ancaman terburuk Topan Fani.

 

 

Evakuasi Digalakkan Jelang Hantaman Topan

Ilustrasi topan badai di pesisir (AFP Photo)

Segera setelah jelas bahwa Topan Fani mengarah ke negara bagian Odisha, tim darurat memulai tugas besar untuk mengevakuasi mereka yang tinggal di daerah dataran rendah, memindahkan 1,2 juta penduduk dari daerah berbahaya dan ke tempat penampungan sementara.

Peringatan meminta penduduk untuk tetap tinggal di dalam rumah dan mengikuti instruksi dikeluarkan berulang kali di televisi dan radio, serta disiarkan melalui pengeras suara di tempat umum.

Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) memuji evakuasi "efektif" oleh pemerintah India, dengan mengatakan itu telah "menyelamatkan banyak nyawa".

Fani menyeberangi negara bagian Bengal Barat di India dan bergerak ke timur laut menuju Bangladesh pada hari Sabtu, melemah dari badai siklon yang parah menjadi badai siklon.

Sementara itu, pemerintah negara bagian Odisha, bersama dengan tim tanggap bencana nasional dan sukarelawan, telah bekerja bersama-sama untuk melakukan evakuasi dan mendirikan tempat penampungan yang aman.

Pekerja telah dilengkapi dengan telepon satelit dan perahu karet, terjun bersama menyalurkan bantuan makanan dan obat-obatan kepada warag yang terkena dampak badai.

Sekitar 7.000 dapur umum dibangun untuk melayani 9.000 tempat penampungan, di mana operasionalnya dibantu oleh pasukan yang terdiri dari 45.000 sukarelawan.

Pekerja darurat sekarang fokus pada pemulihan infrastruktur yang rusak, termasuk jaringan listrik dan telekomunikasi, serta membersihkan jalan.

 

34 Orang Dilaporkan Tewas

Ombak besar akibat pengaruh Topan Fani menghantam pesisir timur India (AP Photo)

Hantaman Topan Fani menewaskan sedikitnya 34 orang dan memaksa evakuasi besar-besaran di negara bagian tersebut. Mayoritas korban tewas, sebanyak 21 orang, tercatat di Kota Puri.

Menurut hakim distrik setempat, Jyoti Prakash Das, jumlah korban jiwa masih mungkin bertambah, karena proses evakuasi masih berjalan sejak hari Jumat.

Sejauh ini, Puri adalah kota yang mengalami dampak terdahsyat akibat hantaman Topan Fani, di mana terdapat kendala cukup serius terhadap jalur komunikasi setempat, sehingga petugas evakuasi kesulitan masuk.

Hantaman Topan Fani juga membuat Kuil Jagannath, yang merupakan aset utama Kota Puri dari Abad ke-12, mengalami kerusakan pada sebagian permukaannya.

Komisaris Bantuan Khusus negara bagian terkait, Bisnupada Sethi, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa sejumlah besar pohon tumbang dan hampir 3 juta orang di seluruh wilayahnya mengalami pemadaman listrik.

Sumber resmi mengatakan bahwa sejumlah besar hewan juga mati akibat hantaman topan monster itu.

Perdana Menteri India Narendra Modi diperkirakan akan mengunjungi Odisha pada hari Senin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Tak Merasa Terancam dengan Kehadiran LSUV Cina

Posted: 05 May 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jepara - Produk mobil Cina rupanya tak hanya mengancam segmen SUV saja, LSUV pun bisa terkena dampaknya. Meskipun demikian, rupanya Honda Prospect Motor masih tak menganggap LSUV Cina sebagai ancaman. 

Meski lahir dengan spesifikasi komplet dan banderol murah, dinilai segmennya berbeda dengan Honda. Diungkap oleh Marketing & After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy, belum pernah ada konsumen yang tak jadi membeli Honda beralih ke merek Cina.

"Sampai saat ini, kami merasa konsumennya tak pernah sama. Dalam survey pun tak pernah ada bahwa dia (konsumen) pilih ini  (BR-V) pembandingnya itu," ungkap Jonfis saat dijumpai di sela acara test drive Honda BR-V di Jepara (2/5). Menurut Jonfis, produk Honda belum apple to apple dengan produk Cina. Namun singgungan tetap ada.

"Silahkan tanya ke konsumen. Tapi irisannya ada, beli misalnya buat anak. Tapi kalau dia benar-benar mau beli CR-V pindah (ke LSUV Cina) karena harga, saya tidak yakin," tambahnya.

 

Selanjutnya

Diungkap lagi, masing-masing sudah punya segmennya sendiri. Begitu juga dengan Honda, konsumen tak beralih begitu saja ke produk Cina. Menurut Jonfis, ada tiga konsumen mobil di Indonesia: loyal user, smart buyer dan trend seeker. Sebanyak 80 persen pembeli termasuk trend seeker.

Makanya tak sedikit yang membeli mobil karena tengah ramai di pasaran. Sisanya, yang dianggap paling penting oleh HPM. "Sisanya 20 persen itu konsumen kami dan harus dilindungi. Kami tak bisa masuk ke segmen trend seeker karena mereka bandingkan (merek atau model) juga tidak."

Jonfis juga menilai, membeli mobil terlalu murah dan produk yang belum berpengalaman di Indonesia bisa menimbulkan masalah ke depannya. Faktornya dari nilai jual kembali, karena mobil semakin lama tambah mahal. Kalau beli murah, nilainya jatuh tak bisa dijual kembali untuk modal meng-upgrade mobil.

 

Selanjutnya

"Untuk upgrader tidak punya kemampuan. Dulu di bawah Rp 100 juta mobil paling murah. Kemudian lima tahun naik lagi, paling murah kira-kira jadi Rp 150 juta. Nanti kan naik lagi, Rp 200 juta. Kalau Anda beli mobil Rp 150 juta, dijual lagi Rp 75 juta, Anda mau beli mobil ke depan paling murah Rp 200 juta, mau tambah berapa," tegas Jonfis.

Meski begitu, Jonfis tak menilai jelek kalau ada merek lain yang menelurkan produk murah. Itu juga tak memberi pengaruh pada pasar, khususnya konsumen pengguna Honda. "Pada kenyataannya memang konsumennya berbeda, itu yang bisa saya sampaikan saat ini," tutup Jonfis.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali Tetap Jadi Buruan Investor Properti

Posted: 05 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Bali tak hanya dikenal sebagai tujuan wisata utama di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir, nilai investasi asing di Pulau Dewata terus mengalami pertumbuhan.

Merujuk data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bali menempati urutan teratas lokasi di Indonesia yang diminati investor.

Nilai investasi di Bali mencapai Rp19,2 triliun rupiah atau 29% dari total investasi. Selanjutnya Jakarta Rp17,2 triliun (26%) dan Jawa Barat Rp6,69 triliun (10%).

(Ingin tahu apa yang menjadi kebutuhan konsumen properti saat ini? Temukan jawabannya dalam Riset Konsumen Properti di Rumah.com!)

Potensi Pulau Dewata yang tinggi tak hentinya menarik para pengembang properti dalam menancapkan proyeknya di sana. Baik itu proyek properti residensial maupun komersial seperti CREA Nusa Dua Bali Premium Building yang dikembangkan PT Agung Panorama Propertindo.

"Kami ingin mendukung percepatan investasi di Bali dengan menyediakan pusat bisnis yang representatif dengan standar internasional, di mana saat ini Nusa Dua sudah menjadi pintu masuk bisnis internasional dan mancanegara," tegas Presiden Direktur CREA Nusa Dua Bali Premium Building, Joseph Effendy.

Sebelumnya, CREA sendiri hanya diperuntukkan untuk ruang kantor semata. Namun seiring berjalannya waktu sekaligus permintaan dari perusahaan internasional, proyek ini ditujukan sebagai komunitas bisnis yang terintegrasi di Nusa Dua.

 

"Ada tiga menara yang masing-masing terdiri dari 4 lantai dengan luas bangunan 21 ribu m2. Kami bangun dalam konsep resor dan dilengkapi dengan teknologi komunikasi informasi canggih guna memudahkan turis yang berkunjung," imbuh Joseph.

Baca juga: Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga properti per kuartal di berbagai lokasi favorit

Nusa Dua saat ini merupakan contoh kawasan wisata kelas atas serta pusat bisnis, yang berlokasi di sisi selatan Bali. Kawasan ini dikelola Indonesia Tourism Development Center (ITDC) yang merupakan salah satu pengembangan destinasi pariwisata terbaik di Asia Tenggara.

Nusa Dua menjanjikan kondisi keamanan yang tinggi, akomodasi hotel dan resor bintang lima, Bali International Exhibition & Convention Center, Bali Collection Retail, Museum Pasifika, Pusat Budaya, hingga padang golf kelas dunia.

"Faktor di atas menjadikan kawasan ini sebuah destinasi sempurna untuk berbagai event, bisnis, dan pertemuan dunia seperti IMF, APEC, KTT Asean," tukasnya.

Selain itu, minat mendirikan bisnis dari berbagai industri di Bali khususnya di Nusa Dua, telah tumbuh secara positif. Dengan pasar yang besar dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cepat, wilayah ini menarik investor mencari peluang terbaik dalam mengembangkan kegiatan bisnis mereka.

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya) 

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 2019, Manajemen dan Sistem Penilaian Kantor Urusan Haji Berbasis Kinerja

Posted: 05 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Operasional Haji, Kantor Teknis Urusan Haji (TUH) KJRI Jeddah menggelar rapat evaluasi kinerja. Rapat digelar di aula pertemuan TUH KJRI di Jeddah dan dipimpin Staf Teknis Urusan Haji (STH) KJRI Jeddah Endang Jumali.

"Untuk melaksanakan penyelenggaraan haji dan layanan kepada jemaah dibutuhkan kerja kolektif. Selain itu, semangat dan keikhlasan harus tetap kita jaga, serta fokus kepada amanah kita," ujar Endang Jumali, seperti dikutip dari malan resmi Kemenag, Senin (6/5/2019).

Operasional haji 1440H/2019M merupakan tahun pertama Endang Jumali menjabat sebagai konsul haji. Mulai tahun ini, manajemen dan sistem penilaian berbasis kinerja. Kepada jajarannya, dia mengingatkan soal perubahan manajemen kinerja.

"Pada masa kita ini adalah era baru untuk peningkatan kualitas manajemen dan sistem penilaian karyawan berbasis kinerja. Oleh karena itu, segala sesuatunya harus tertib administrasi. Misalnya absensi, karena ini akan berdampak pada jumlah honor khususnya pada tunjangan kinerja," ungkap Endang.

 

Jaga Integritas dan Amanah

Kehadiran Dirjen PHU di Saudi bertujuan memantau persiapan pascakoordinasi tiga menteri terkait persiapan operasional penyelenggaraan ibadah haji, khususnya yang berkenaan dengan penambahan kuota jemaah sebanyak 10.000 orang. Nizar Ali meminta tim TUH untuk menjaga integritas dan amanah dalam menjalankan tugas.

"Sebagai petugas haji, kita harus bisa kompak dan amanah serta memiliki integritas yang kuat terhadp institusi dalam mengemban amanah dan menyelesaikan tugas," tuturnya.

"Selesaikan setiap persoalan. Jika bersifat internal, selesaikan secara internal. Jika eksternal, segera bahas dengan pihak terkait," tutupnya.

 

Reporter: Dewi Larasati

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanilla Hijab dan Perjalanan Usaha Busana Muslim yang Dimulai dari 1 Penjahit Keliling

Posted: 05 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada usaha yang mengkhianati hasil. Begitulah keyakinan Atina Maulina ketika merintis bisnis busana Muslim di bawah label Vanilla Hijab sekitar enam tahun silam. Ide membangun usaha ini nyatanya dimulai dari cerita kurang menyenangkan.

"Saya tadinya kuliah di ITB jurusan Teknik Perminyakan. Itu jurusan yang betul-betul saya mau. Sudah bayangin dong kerja di perusahaan asing dengan gaji dolar. Tapi, saya harus berhenti (kuliah) di semester 4," ceritanya di gelaran Annual Show 2019 "Menyapa Senja" Vanilla Hijab di kawasan GBK, Jakarta, Kamis, 2 Mei 2019.

Keputusan berat ini diambil Atina, lantaran sakit yang membuatnya hanya bisa duduk di kursi roda. Pengobatan yang tak hanya memakan waktu, tapi juga nominal tak sedikit itu membuat Atina tak ingin membebani orangtua ketika kembali mulai kuliah di Jakarta.

"Pilihannya jualan hijab itu karena lebih gampang. Cari yang tidak terlalu cape karena baru sembuh," katanya. Dari niat itu, Atina berkeliling mencari penjahit yang mau membantunya. "Akhirnya, ketemu satu penjahit keliling," kenang perempuan yang memulai bisnis di usia 20 tahun tersebut.

Ia menambahkan, Vanilla Hijab dimulai tanpa modal sepeser pun. Saat itu, Atina menjelajah sejumlah toko kain di Jakarta, izin memfoto kain tersebut, diunggah, dan baru akan dibeli saat sudah ada pesanan masuk.

Perkembangan Bisnis Vanilla Hijab

Cut Meyriska, Nagita Slavina, dan Vebby Palwinta memeragakan busana keluaran Vanilla Hijab di kawasan GBK, Jakarta, 2 Mei 2019. (dok. Vanilla Hijab)

Permintaan pasar yang terus meningkat membuat Atina sukses mengembangkan Vanilla Hijab. Dengan tekun, bisnis ini terus digeluti perempuan 25 tahun itu bersama sang kakak, Intan Fauzia, di tengah kekecewaan sang ayah.

"Waktu saya keluar dari ITB, ayak kecewa banget. Keluarga bahkan sempat tidak percaya dengan niat saya berjualan hijab," tutur Atina. Tapi, kegigihan kakak-beradik dan perkembangan Vanilla Hijab berbicara sebaliknya.

Dimulai dari satu penjahit keliling, karyawan yang membantu Atina dalam produksi, tak hanya hijab, tapi sederet busana Muslim, berkembang jadi 75 orang. Sekarang, brand yang sudah melangsungkan Annual Show selama tiga tahun belakangan ini telah punya dua rumah konveksi di Jakarta dan Tangerang, Banten.

Masih Sering Diremehkan

Founder Vanilla Hijab Atina Maulia dan Chief Executive Officer Vanilla Hijab Intan Fauzia di konferensi pers Annual Show 2019 Menyapa Senja di Stadion Akuatik, GBK, Jakarta, 2 Mei 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Memulai usaha di usia sangat muda, serta tak memiliki basic di dunia fashion membat Atina dan Intan kerap mendengar perkataan terkesan meremehkan usaha mereka. Komentar macam ini, kata Atina, tak membuat semangat mereka kendur.

"Kalau diremehkan, kami selalu menganggap itu sebagai doa. Supaya bisa berusaha lebih baik lagi, menuangkan ide lebih kreatif, dan selalu punya ide-ide segar untuk dikasih ke konsumen loyal Vanilla Hijab," tutur Atina.

Jadi salah satu lini hijab fashion kenamaan, desain Vanilla Hijab tak luput dari aksi plagiat. Soal ini, Atina mengaku tak terlalu ambil pusing dan enggan mengurusi siapa saja yang meniru rancangan brand miliknya.

Ia mengatakan, waktu akan terbuang banyak jika mengurusi kasus plagiat melibatkan desain brand yang sudah secara resmi jadi partner Swarovski sejak 2017 tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tetap Bugar saat Berpuasa, Ini Tips Olahraga bagi Pasien Diabetes

Posted: 05 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Agar tetap bugar, olahraga tidak boleh diabaikan ketika sedang berpuasa di bulan Ramadan. Bahkan, beberapa mengatakan bahwa momen puasa adalah waktu tepat untuk menurunkan berat badan.

Meski begitu, aktivitas olahraga saat bulan puasa juga harus diperhatikan. Terutama, jika seseorang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes.

Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik mengatakan bahwa Anda disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas ringan menjelang waktu berbuka puasa. Ini berlaku khususnya pada orang dengan diabetes.

"Contohnya jalan menjelang waktu buka kira-kira 30 menit cukup. Intinya jangan cari olahraga yang membuat keringatnya keluar banyak," kata Juwalita dalam sebuah temu media di Senayan, Jakarta, ditulis Senin (6/5/2019).

 

Agar Tidak Rentan Dehidrasi

Meningkatnya gaya hidup sehat yang dilakukan generasi milenial sedikit banyak karena pengaruh media sosial. (iStockphoto)

Pada orang yang rentan dehidrasi, berkeringat terlalu banyak rentan membuat mereka mengalami masalah tersebut. Di sini, olahraga adalah aktivitas yang membantu kerja insulin.

Setelah berolahraga, segera gantikan gula yang hilang saat berbuka puasa. Untuk asupan yang disarankan, selain air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang mengandung gula alami serta serat.

Untuk olahraga yang tepat pada orang diabetes, boleh saja melakukan kegiatan seperti angkat beban untuk menaikkan massa otot. Namun, berikan tubuh beban yang tidak terlalu berat.

"Atau juga bisa senam-senam ringan," kata Juwalita menambahkan,

 

Olahraga Bagi yang Sehat

Ilustrasi Foto Sepatu Olahraga (iStockphoto)

Sementara itu, bagi orang yang tidak memiliki kondisi kesehatan apapun, olahraga juga boleh dilakukan. Meski begitu, tetap ada aturan yang harus dipatuhi. Khususnya untuk menghindari dehidrasi seperti pada kulit.

"Olahraga akan lebih optimal apabila dilakukan setelah berbuka puasa karena kebutuhan dan eksresi cairan yang meningkat ketika olahraga," kata dokter spesialis dermatologi dan venereologi, Ika Anggraini dalam temu media yang berbeda.

Mengutip dr. Theresia Rina Yunita dalam Klikdokter.com, Anda sesungguhnya boleh berolahraga di pagi hari. Waktu yang tepat adalah usai sahur. Di sini karena tubuh masih memiliki energi yang cukup untuk melakukan olahraga.

Namun, agar menghindari telat sahur dan hal-hal lainnya seperti mempersiapkan diri berangkat kerja, olahraga biasanya dilakukan di sore hari. Theresia mengatakan, Anda bisa berolahraga sebelum atau sesudah buka puasa.

"Misalnya 30–60 menit menjelang beduk. Atau bisa juga setelah berbuka puasa," kata Theresia.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Musim Tanam, Stok Pupuk Subsidi Jabar-Banten Aman

Posted: 05 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pupuk Kujang, anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), memastikan stok pupuk subsidi untuk memenuhi kebutuhan musim tanam di Jawa Barat dan Banten aman hingga dua bulan ke depan.

Manager Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang, Ade Cahya mengatakan, sampai saat ini stok urea untuk Jawa Barat dan Banten mencapai 72.255 ton atau 272 persen dari ketentuan sebesar 26.318 ton.

"Untuk NPK, stoknya mencapai 47.349 ton atau lebih dari sepuluh kali lipat dari ketentuan sebesar 3.839 ton. Sedangkan pupuk organik, stoknya mencapai 9.011 ton atau 187 persen dari ketentuan sebesar 4.805 ton," kata Ade dalam keterangan tertulis, Senin (6/5/2019).

Ketersediaan stok pupuk yang cukup banyak ini guna mempersiapkan musim tanam yang sedang berlangsung sepanjang April-September.

Ade manambahkan, pencapaian realiasasi penyerapan pupuk urea bersubsidi di Jabar dan Banten hingga 28 April 2019 telah mencapai 200.876 ton atau setara dengan 107 persen dibandingkan kebutuhan Dinas Pertanian sebanyak 187.682 ton.

"Stok ini sangat cukup, bahkan bisa memenuhi kebutuhan petani lebih dari dua minggu ke depan," ungkap Ade.

Dalam penyaluran pupuk subsidi di lapangan, Ade juga menyatakan pihaknya bekerja sama dengan stakeholder dan masyarakat yang aktif dalam memonitor penyaluran pupuk untuk sektor tanaman pangan.

Hal ini agar pupuk bisa diterima sampai ke tangan petani dengan prinsip 6 T (Tepat Tempat, Tepat Harga, Tepat Jumlah, Tepat Mutu, Tepat Jenis dan Tepat Waktu).

"Kami berharap dengan komitmen bersama ini antara Perusahaan, distributor dan kios dapat terus bersinerhi dengan baik untuk mengedepankan kepentingan petani dan kelancaran pupuk bersubsidi khususnya di wilayah Jabar serta Banten secara optimal," pungkas Ade.

 

Luncurkan Produk

Pengunjung melintas saat gerai paterna pupuk Indonesia saat Indonesia Bussiness and Development Expo 2016 di, Jakarta, Kamis (8/9). Pameran tersebut diikuti lebih dari seratus BUMN dan BUMD. (Liputan6./Fery Pradolo)

Belum lama ini, Pupuk Kujang juga telah meluncurkan produk inovasi baru sejalan dengan upaya mendukung ketahanan pangan nasional dan memenuhi kebutuhan pasar yang semakin berkembang.

Adapun produk dimaksud yakni Nitroku 16-16-16. Produk inovasi ini merupakan pupuk NPK yang mengandung hara lengkap untuk memacu pertumbuhan tanaman. 

Keseimbangan nutrisi yang bersumber dari Ammonium Nitrogen dan Nitrat Nitrogen menjadikan pemupukan pada tanaman lebih efisien dibandingkan pupuk NPK yang berasal dari urea/ammonum based.

Dapat digunakan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan pada masa vegetatif tanaman.  Peluncuran produk inovasi tersebut merupakan bentuk diversifikasi bidang usaha yang sudah lama dikembangkan oleh Pupuk Kujang. (Yas)

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Temannya Dihilangkan, 6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis

Posted: 05 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di zaman dengan teknologi yang sekarang ini, mengubah atau manipulasi foto bukanlah hal yang sulit. Berbekal keahlian dan ditunjang dengan aplikasi yang canggih, kamu bisa dengan mudah mengedit fotomu agar wajah terlihat lebih putih, tubuh terlihat langsing dan lain-lain.

Meski terlihat sepele, nyatanya untuk mempunyai kemampuan satu ini seseorang perlu banyak belajar dan latihan. Bahkan kini tidak sedikit perusahaan besar yang mencari dan membutuhkan karyawan dengan kemampuan edit foto yang mumpuni.

Jika dulu mengedit foto harus menggunakan perangkat komputer, sekarang ini hanya lewat ponsel pun kamu sudah bisa melakukannya. Bukan tidak mungkin kamu merekayasa fotomu saat sedang di luar negeri, padahal faktanya kamu saat itu sedang ada di rumah.

Tapi banyak juga orang yang kesulitan untuk memanipulasi foto seperti itu. Jalan keluarnya adalah meminta bantuan orang lain. Kalau tidak punya teman yang pintar mengedit foto, solusi lain adalah meminta warganet untuk mengeditkan fotomu. Seperti yang dilakukan oleh cewek ini yang minta edit foto temannya dihilangkan.

Berikut Liputan6.com rangkum 6 editan foto cewek yang minta temannya dihilangkan dari Twitter @tanya2rl , Senin, (6/5/2019).

1. Jadi cewek semua nih

6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis (sumber:twitter/@c00klat)

2. Nah, sekarang sendirian di mulut Hiu

6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis (sumber:twitter/@mymo0n)

3. Selamat Berbelanja

6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis (sumber:twitter/@Winkies95)

4. Terima kasih banyak yang sudah bantu

6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis (sumber:twitter/@absurddish)

5. Selamat, kamu menduduki kursi Game Of Thrones

6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis (sumber:twitter/@gorengcabbage)

6. Ini teman cowoknya beneran hilang

6 Editan Foto Cewek Ini Hasilnya Kocak Abis (sumber:twitter/@firzzashfr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: