Kamis, 30 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Motor 2-Tak Kembali Booming, Bagaimana Ketersediaan Olinya?

Posted: 30 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Motor dengan mesin 2-Tak saat ini kembali booming. Hal ini tak terlepas dari tren retro dan 90s yang kian digandrungi.

Evalube sebagai produsen pelumas pun mendapati fenomena unik ini termasuk dalam penjualan pelumas mereka. Pasalnya, hingga hari ini mereka masih menyediakan pelumas untuk mesin-mesin lawas yang sedang bangkit lagi tersebut. Bahkan persentase penjualan mereka cukup besar.

"Kalau dibanding pelumas 4-Tak, 60-40. Empat puluh persen lebih masih di 2-Tak masih cukup besar walaupun kontribusi luar Jawa," kata Marketing Manager Evalube lvan Rastianto.

Menurut dia, pasar 2-Tak ini unik. Salah satu yang sedang ramai adalah RX-King, selain juga Vespa-Vespa keluaran tahun lama, serta Ninja 150.

"Sekarang lagi booming lagi, RX-King sekarang jadi mahal. Kami sampai kerjasama dengan komunitas dari Bandung sampai Kalimantan Barat,"

"Mereka juga bantu jual produk kami. Tapi pakainya yang synthetic yang low smoke. Itu banyak sampai mereka pada pakai," ujarnya merujuk pada produk Evalube khusus 2-Tak berkode warna kuning.

 

Pelumas Mesin Non-roda

Salah satu pasar besar yang mereka sediakan untuk mesin 2-Tak juga mencakup mesin-mesin di luar kendaraan beroda.

"Kalau yang (kode warna) hijau ada yang lari ke Vespa lama. Tapi di Indonesia ada pasar besar untuk non-roda, kapal tempel, genset buat di tengah laut. Kami masuk juga di segmen itu. Indonesia kan kaya ya, ada hutan yang butuh mesin potong, ada nelayan," ujarnya.

Satu yang menarik dari fenomena ini adalah tidak sulitnya para penyuka kendaraan lawas dalam hal regulasi.

"Kita Alhamdulillah enggak ada regulasi motor-mobil lama pajaknya lebih mahal. Jadi ya (masih dipakai)," ujarnya seraya menyebut bahwa Evalube masih menyediakan pilihan pelumas untuk skutik lawas Kymco dan Mio yang secara clearence tidak terlalu rapat sehingga butuh pelumas yang kental.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pemilu, Menperin Ajak Investor Jepang Tanam Modal di RI

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meyakinkan para investor di Jepang jika iklim investasi dan kondisi keamanan di Indonesia tetap berjalan baik pasca penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu).

Hal tersebut diungkapkan Airlangga dalam pertemuan 25 Tahun konferensi internasional, The Future of Asia di Tokyo Jepang, Kamis 30 Mei 2019, kemarin.

"Pemilu telah selesai dilakukan di Indonesia dan berjalan dengan lancar tanpa hambatan apapun, sekaligus bukti bahwa politik dan agama bisa berjalan seiring dengan baik, tak ada masalah," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Dia juga menyatakan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua tetap akan berjalan lancar. ‎Masyarakat Indonesia juga akan mendukung pembangunan yang akan dibangun pemerintah dalam 5 tahun mendarang

"Pemilu telah selesai maka warga Indonesia semua bersatu kembali membangun bangsa bersama-sama. Bahkan dukungan kepada Presiden Jokowi dari partai politik dan parlemen sekitar 60 persen nantinya akan semakin kuat lagi karena tampaknya sekitar 20 persen tambahan dari anggota parlemen lain ya sudah bersiap untuk mendukung pula pemerintahan Jokowi di masa depan. Sehingga pemerintahan Jokowi pasti akan kuat sekali nantinya," jelas dia.

Oleh sebab itu, Airlangga mengajak para investor Negeri Sakura untuk tidak ragu menanamkan modalnya di‎ Indonesia. Terlebih, pemerintah juga telah menyiapkan insentif pajak bagi investasi yang masuk, khususnya bagi industri yang melaksanakan pendidikan vokasi.‎

"Datanglah ke Indonesia karena memiliki pasar sangat besar bahkan keempat terbesar setelah China, Amerika dan Indonesia. Potensi usaha dan keuntungan sangat besar ditunjuk tax incentive yang sangat menarik bagi investor asing yang menanamkan modalnya ke Indonesia," tandas dia.

Aksi 22 Mei Bakal Ganggu Iklim Investasi?

Peserta aksi yang tergabung dalam Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI membagikan takjil ke anggota Polri yang bertugas di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Minggu (26/5). Aksi simpatik sebagai wujud apresiasi kepada anggota Polri-TNI yang menjaga keamanan aksi 22 Mei 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan Roeslani, mengungkapkan bahwa aksi 22 Mei kemarin tidak berdampak besar pada iklim investasi di Indonesia. Sebab investor memiliki pertimbangan bisnis jangka panjang.

"Kita meyakini bahwa yang kemarin (aksi 22 Mei) itu sifatnya hanya sebentar dan temporary. Dan kita meyakini yang juga ini kan jalur yang sesuai dgn konstitusi juga. Kita enggak khawatir kok. Ini juga tanggal 24 sesuai rencana," kata dia, di Jakarta, pada Jumat 24 Mei 2019.

Karena itu, menurut dia, aksi massa tersebut tidak akan mengurungkan rencana investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. 

"Kalau wait and see (karena 22 Mei) saya bilang enggak. Tapi kalau demand-nya lagi flat pasti kan ekonomi juga agak datar. Ini bukan masalah wait and see gitu," ujarnya.

Lagipula Indonesia memiliki fundamental ekonomi yang kuat, seperti kinerja pertumbuhan ekonomi yang kuat. Hal inilah yang membuat Indonesia menarik untuk invetasi.

"Investasi kalau masuk ke Indonesia itu pasti feel-nya itu long term. Enggak mungkin dia jangka pendek. Nah secara fundamental kan pertumbuhan kita baik, selalu di atas 5 persen. Jadi membuat kita menjadi negara yang sangat menarik untuk mereka berinvestasi," ujarnya.

"Tapi kembali lagi kita bersaing ke negara-negara lain. Jadi negara lain itu keep reforming. Makanya Kita juga harus keep reforming. Kebijakan-kebijakannya kemudian semua itu harus serba terukur dan terstruktur," tandasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mudik ke Surabaya? Yuk Jelajahi Jembatan dan Jalan Baru Kota Pahlawan

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini baru saja meresmikan Jembatan Ujung Galuh dan Jalan Arteri Middle East Ring Road (MERR) sepanjang 10,8 kilometer, Kamis (30/5/2019) kemarin. Jalan MERR yang merupakan salah satu rangkaian jalan arteri primer di Kota Pahlawan ini, menjadi pintu gerbang Kota Surabaya sisi timur.

Proyek pembangunan Jalan MERR ini tertuang dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Surabaya Tahun 2014-2034. Selain itu, Jalan MERR ini merupakan salah satu prioritas pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Surabaya Tahun 2016-2021.

Dengan adanya jalan ini, diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan lalu lintas, yaitu kemacetan yang ada di koridor utara-selatan di wilayah tengah Kota Surabaya.

Wali Kota Risma mengatakan, selama ini pembebasan lahan untuk pengerjaan Jalan MERR, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dibantu dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya. Sehingga proses pengerjaannya bisa sesuai waktu yang ditetapkan.

Ia menilai, jika Jalan MERR ini sangat penting untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di tengah kota. "Alhamdulillah juga bisa kelar, meskipun prosesnya agak lama dengan aturan yang baru," kata Wali Kota Risma saat peresmian Jalan MERR di Gunung Anyar Surabaya, Kamis (30/5/2019).

Ia menyampaikan setelah ini Pemkot Surabaya akan meneruskan pengerjaan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT). Selain itu, Pemkot Surabaya ke depan akan melakukan pengerjaan Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB). "Untuk (proyek) box culvert tahun depan harus selesai. Kemudian kita akan njebol dari Jalan Wiyung sampai ke Jalan Lakarsantri, ya itu target kita," jelas Wali Kota Risma.

 

Anggaran yang Tidak Sedikit

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati mengatakan, total panjang Jalan MERR mencapai 10,8 kilometer, dimulai Jalan Kenjeran hingga Jembatan (Tol) Tambak Sumur Sidoarjo.

Jalan MERR terbagi menjadi tiga segmen, pertama Merr 2a mulai Jalan Kenjeran sampai perempatan Kampus C Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. MERR 2b mulai perempatan Kampus C UNAIR sampai perempatan Jalan Arif Rahman Hakim. Sementara MERR 2c, mulai perempatan Jalan Arif Rahman Hakim sampai Jembatan / Tol Tambak Sumur.

"Setidaknya, untuk menyelesaikan pembangunan Jalan MERR tersebut, Pemkot Surabaya telah melakukan pembebasan persil lahan sebanyak 608. Pembebasan lahan dilakukan mulai tahun 2009 sampai 2018 dengan anggaran total mencapai Rp 392.171.413.000," kata Erna.

Untuk jalan MERR 2c segmen Gunung Anyar dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Surabaya. Erna mengungkapkan, MERR 2c atau segmen Gunung Anyar, panjang jalan mencapai 1,8 kilometer.

Jalan ini memiliki 2 jalur dan 3 lajur, dengan lebar jalan mencapai 40 meter. Namun, untuk lebar badan jalan 30 meter dan sisa 10 meter digunakan pedestrian dan saluran air di tengah.

"Saat ini, MERR 2c sisi timur atau arah luar kota sudah dibuka, sementara sisi barat arah dalam kota dalam tahap rekonstruksi. Anggaran sekitar Rp 297 miliar digunakan untuk pembebasan dan fisik pembangunan jalan," jelasnya.

 

Mengurangi Kemacetan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat, mengatakan Jalan MERR 2c ini mampu mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang cukup signifikan biasa terjadi di tengah kota seperti Jalan Ahmad Yani Surabaya.

Ia menyebut, sebelum ada Jalan MERR 2c, saat sore hari antrian panjang kendaraan di tengah kota ke arah Sidoarjo bisa menyentuh Masjid Al-Falah Raya Darmo dan Jalan Diponegoro.

"Sehingga ketika ada pembebanan (kendaraan) yang kemudian dialihkan ke MERR 2c, kepadatan lalu lintas di tengah kota bisa berkurang kisaran 40-60 persen harian lalu lintas rata-rata. Sehingga sekarang tidak terjadi lagi antrian sampai ke Masjid Al-Falah Raya Darmo," kata Irvan.

Irvan menjelaskan berdasarkan kesepakatan dan kajian bersama Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), batas kecepatan kendaraan yang diperbolehkan melaju di Jalan MERR 2c maksimal 40 kilometer. Sementara itu, berdasarkan evaluasi yang dilakukan Dishub Surabaya, selama dua minggu terjadi peningkatan volume kendaraan.

"Sementara ini dilakukan pemasangan kamera pemantau (CCTV). Tapi ke depan akan dilengkapi dengan Rambu Pendahulu Petunjuk Jalan (RPPJ) dan Speed kamera pemantau kecepatan," ujarnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Cedera Lagi, Salah Ingin Bermain Penuh di Final Liga Champions

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Mohamed Salah tak sabar bermain di final Liga Champions yang kedua kalinya secara beruntun. Pada final kali ini, dia bersama timnya, Liverpool akan menghadapi Tottenham Hotspur di Estadio Wanda Metropolitano, Madrid, Sabtu (1/6/2019) atau Minggu dini hari WIB.

Salah berharap bisa tampil penuh di final Liga Champions musim ini. Pada final sebelumnya, Salah tak bisa bermain penuh setelah dihantam bek Real Madrid, Sergio Ramos.

Pemain asal Mesir itu harus meninggalkan Stadion Olimpijs'kyj pada menit ke-30 setelah mengalami cedera bahu. Cederanya Salah membuat Liverpool gagal menjadi juara Liga Champions setelah kalah 1-3 dari Real Madrid.

"Saya sangat senang bisa memiliki kesempatan untuk bermain di final Liga Champions lagi. Saya harap bisa memainkan permainan penuh," katanya, dikutip dari situs resmi Liverpool.

"Saya sangat bersemangat tampil di final Liga Champions yang kedua. Saya harap kami bisa memperbaiki apa yang terjadi musim lalu, mendapatkan hasil yang baik dan memenangkan kompetisi," ucap mantan pemain AS Roma itu.

Tak Dihantui Kegagalan

Liga Champions - Tottenham Hotspur Vs Liverpool Head to Head (Bola.com/Adreanus Titus)

Salah melanjutkan, Liverpool sudah tidak dihantui dengan kagagalan mereka di final Liga Champions musim lalu. Tim asuhan Jurgen Klopp tersebut terlihat lebih optimistis melawan Tottenham Hotspur.

"Ini adalah final kedua kami secara beruntun. Kami kalah pertama tetapi semuanya terasa lebih baik kali ini dan kami memiliki lebih banyak pengalaman daripada terakhir kali."

"Kami semua melihat ke depan dan memiliki masa persiapan yang baik di Spanyol. Kami kembali ke Liverpool dan merasa sangat termotivasi sebagai pemain dan staf pelatih. Saya harap kami bisa menang kali ini," ujar Salah.

 

Jadwal Final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019

02.00 WIB

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Venue: Wanda Metropolitano, Madrid

Live di RCTI

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Berbelanja untuk Lebaran Saat Kepepet

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbelanja untuk idulfitri bisa sangat menyenangkan dan melelahkan secara bersamaan. Padatnya jadwal yang dimiliki, membuat sebagian orang baru bisa membeli persiapan lebaran pada saat-saat terakhir menjelang lebaran.

Jadwal yang begitu padat terkadang bisa membuat seseorang menjadi stres dan merasa terdesak. Apalagi jika waktu idulfitri sudah di depan mata, beberapa orang bisa saja merasa terdesak.

Namun, dengan pengaturan waktu yang baik mungkin saja kamu bisa menemukan apa yang kamu cari untuk hari raya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat akan berbelanja untuk hari raya di waktu yang sempit.

1. Buat Daftar Belanja

Buatlah daftar berisi hal-hal yang kamu butuhkan untuk lebaran, baik itu hadiah maupun makanan. Daftar tersebut dapat membantumu menjadi lebih terorganisasi.

Daftar ini juga dapat membantumu menghindari membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan dan malah melupakan tujuan utama. Jangan lupa untuk selalu mengecek daftar setelah kamu membeli sesuatu.

Mengecek daftar berfungsi untuk memastikan kamu tidak melewatkan apa pun. Jika tidak memiliki ide, kamu bisa mencari referensi secara online untuk mempermudah menemukan model yang diinginkan.

2. Pengaturan Waktu

Saat berpuasa, tingkat energimu menjadi semakin rendah. Cobalah untuk berbelanja ketika kamu memiliki lebih banyak energi.

Usahakan untuk tidak berbelanja saat larut malam atau setelah berbuka puasa. Itu karena, akan sangat sulit untuk menghindari keramaian pada waktu tersebut.

Jadi, lebih baik hindari jam sibuk dan sesuaikan dengan jadwal dan tempat kamu tinggal.

3. Memiliki Rencana Belanja

belanja lebaran/copyright: unsplash/artem beliakin

Akibat dari belanja di akhir waktu, kamu mungkin akan belanja secara terburu-buru. Kamu mungkin saja akan membuang-buang waktumu untuk mencari dari satu tempat ke tempat lain dan melewati banyak kerumunan orang.

Hal tersebut pada akhirnya akan membuatmu kelelahan dan menjadi sangat sensitif. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih kompleks perbelanjaan yang jaraknya berdekatan antara satu dengan yang lain.

4. Berbelanja Bersama Teman atau Keluarga

Saat kamu berbelanja bersama orang lain, kamu bisa membagi tugas dengan yang lain dan berbelanja dengan lebih cepat. Apalagi jika kalian sudah memiliki daftar belanjaan yang harus dibeli.

Kamu bisa meminta seseorang untuk ikut membantumu berbelanja. Sebagai gantinya, kamu juga bisa membantu mereka berbelanja.

5. Buat Anggaran

Saat berbelanja di waktu yang sempit, simpan sebagian anggaranmu untuk menghindari pengeluaran yang tidak perlu. Manfaatkan berbagai diskon dan penawaran khusus yang telah disediakan khusus untuk menyambut idulfitri.

Kabar baiknya, kamu mungkin akan menemukan lebih banyak penawaran bagus menjelang akhir bulan atau beberapa hari menjelang idulfitri.

6. Berbelanja Secara Online

Saat mencari busana untuk idulfitri, kamu bisa mencarinya di beberapa situs belanja online. Selain pakaian, mungkin saja kamu juga akan menemukan beberapa barang lain yang kamu butuhkan.

Namun, pastikan barang-barang yang kamu beli akan sampai tepat waktu dan tidak terlalu mendekati waktu lebaran. Hal itu dilakukan agar kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk mencuci dan mempersiapkannya terlebih dahulu.

Berbelanja secara online juga bisa memberi keuntungan berupa penghematan waktu dan tenaga. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai diskon menarik dan mendapat banyak potongan harga yang mungkin tidak akan kamu dapatkan jika berbelanja secara langsung.

Di samping berbagai keuntungan yang ditawarkan, jangan lupa bahwa berbelanja secara online juga memiliki beberapa dampak negatif. Apalagi jika semua tidak sesuai dengan rencana.

Bijaklah dalam mengatur waktu dan uangmu saat berbelanja. Tahan dirimu agar tidak membeli barang yang tidak terlalu diperlukan. Selamat berbelanja!

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persiapan di Bandara Ngurah Rai Sambut Penumpang Lebaran 2019

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, pergerakan pesawat udara dan penumpang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai diprediksi akan berangsur mengalami peningkatan, terutama menjelang dan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Mengantisipasi lonjakan arus pergerakan pesawat udara serta penumpang yang keluar masuk Bali selama periode tersebut, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai secara resmi membuka Posko Angkutan Terpadu Lebaran 2019, setelah dilakukan apel pembukaan Posko Terpadu Angkutan Lebaran, Selasa (28/05). 

Posko yang akan beroperasi selama 24 jam per harinya tersebut akan beroperasi selama rentang waktu 16 hari, terhitung mulai tanggal 29 Mei 2019 hingga 13 Juni 2019, dengan diawaki oleh personel dari sejumlah institusi, yaitu PT Angkasa Pura I (Persero), Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Kantor Kesehatan Pelabuhan, TNI Angkatan Udara Pangkalan Udara Ngurah Rai, Kepolisian Sektor Kawasan Udara Ngurah Rai, Badan SAR Nasional (Basarnas), Stasiun Meteorologi Kelas I Ngurah Rai, serta Unit K9 dari Kepolisian Daerah Bali. 

"Secara rutin, Posko Angkutan Lebaran dioperasikan untuk mendukung dan mengantisipasi tingginya tingkat pergerakan pesawat udara dan lonjakan penumpang pada periode libur Hari Raya Idul Fitri, serta untuk mengantisipasi hal-hal yang bersifat irregular, sehingga dapat diantisipasi secara cepat," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono, dalam keterangannya saat membuka posko.

Melihat data di tahun-tahun sebelumnya, menghabiskan masa libur Lebaran di Bali bagi penumpang domestik masih merupakan hal yang populer. Sementara bagi penumpang dari mancanegara, Bali masih tetap populer sebagai destinasi wisata, mengingat di bulan Juni ini sudah mulai memasuki summer season di belahan bumi bagian barat.

"Jumlah pergerakan pesawat dan penumpang yang lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasanya, mengharuskan kami untuk lebih siap dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Selain itu, penempatan personel selama 24 jam selama pelaksanaan posko juta untuk memastikan kondisi keamanan dan keselamatan penerbangan tetap terjaga," imbuh Haruman.

Selama operasional posko, personel akan disiapsiagakan untuk mengawaki Posko Terpadu Angkutan Lebaran, yang akan dibagi menjadi 3 shift, yaitu pagi, siang, dan malam. Dalam setiap shift, sebanyak 39 personel lintas institusi komunitas bandar udara siap sedia dalam memastikan pelayanan terbaik bagi para penumpang.

"Selama pelaksanaan posko, sebanyak 1.648 personel gabungan yang berasal dari berbagai institusi anggota komunitas bandar udara akan disiagakan untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan, serta kelancaran arus pergerakan penumpang di dalam areal bandar udara," tutur Haruman.

Dari data yang dihimpun hingga H-1 operasional posko, terdapat dua maskapai yang telah mengajukan permohonan penerbangan tambahan atau extra flight, yaitu Batik Air dan AirAsia. Dari dua maskapai tersebut, total permohonan extra flight adalah sejumlah 216 penerbangan, dengan rincian AirAsia mengajukan 84 permohonan, serta Batik Air dengan 132 permohonan. Jika dibandingkan dengan jumlah permohonan di tahun lalu, di mana terdapat 765 permohonan extra flight, terdapat penurunan jumlah permohonan extra flight hingga 254 persen.

 

Tetap Maksimal

Posko terpadu Bandara Ngurah Rai (Liputan6.com/Dewi DIvianta)

"Meskipun di tahun ini jumlah pengajuan extra flight jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan tahun lalu, akan tetapi kami tetap berkomitmen untuk menyediakan pelayanan terbaik demi terselenggaranya penerbangan yang aman, nyaman, dan selamat," tambah Haruman.

Selaku pengelola bandar udara, PT Angkasa Pura I (Persero) turut melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan serta ground handling untuk melakukan antisipasi jika terjadi lonjakan jumlah penumpang dan peningkatan lalu lintas penerbangan selama periode pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Lebaran, supaya kinerja ketepatan waktu penerbangan atau On-Time Performance (OTP) tetap terjaga atau bahkan dapat ditingkatkan.

"Prediksi kami, puncak arus pergerakan menjelang Lebaran akan terjadi pada H-2 Lebaran, dengan jumlah 471 pergerakan pesawat udara dan 76.974 penumpang terangkut. Sedangkan untuk puncak arus pergerakan pasca Lebaran akan jatuh pada H+3 Lebaran, di mana akan terdapat 471 pergerakan pesawat dan 84.385 penumpang yang akan kami layani," imbuh Haruman.

"Untuk menjamin kelancaran, keselamatan, dan keamanan penerbangan, kami telah berkoordinasi secara internal untuk memastikan kesiapan infrastruktur utama dan pendukung. Kami juga menyediakan mobil ambulance yang siap siaga 24 jam untuk mengantisipasi jika terdapat penumpang yang membutuhkan bantuan kesehatan," kata Haruman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pos Polisi Avengers, Sambut Pemudik di Bireun Aceh

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jalanan di Bireun Aceh memiliki pos polisi unik yang bernuansa Avengers. Didirikan untuk melayani para pemudik yang akan berlebaran di daerah Aceh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas, Keputihan Kerap Melanda Saat Perjalanan Mudik

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan mudik lewat jalur darat maupun laut kerap memakan waktu belasan bahkan puluhan jam. Bila tidak diiringi dengan menjaga kebersihan di area kewanitaan, kondisi ini rentan memicu keputihan.

"Berada pada kondisi traveling atau perjalanan mudik merupakan salah satu pemicu utama dari keputihan," kata dokter spesialis kebidanan dan kandungan Dinda Derdameisya.

"Penyebabnya mulai dari cuaca yang tropis dan lembap, keringat yang lebih banyak dari biasanya saat berpergian, hingga kondisi terlalu lama duduk di mobil ataupun terlalu banyak jalan kaki semakin meningkatkan risiko tersebut," lanjut Dinda seperti dikutip rilis acara Andalan Feminine Care Fresh Ramadan beberapa waktu lalu.

Jamur Candida albicans juga cenderung mudah berkembang biak akibat tidak sempat mengganti celana dalam dan penggunaan air yang tidak bersih untuk membasuh area kewanitaan. Jadi, tak heran banyak wanita yang mengeluhkan keputihan saat mudik

Risiko Masalah Kewanitaan Lain

Ilustrasi vagina (iStockphoto

Selain keputihan, Dinda mengungkapkan perjalanan mudik yang panjang juga rentan memicu masalah kesehatan di organ intim wanita lainnya. Apa saja?

1. Infeksi bakteri vagina

Hal ini terjadi karena kurang menjaga kebersihan area kewanitaan. Misalnya tidak mengganti celana dalam yang sudah dipakai berjam-jam selama perjalanan mudik.

2. Infeksi ragi vaginaHal ini terjadi karena kondisi sekitar organ intim yang lembap dan hangat saat mudik.

3. Infeksi saluran kemih (ISK) ISK sering terjadi pada perempuan yang sedang melakukan traveling. "Gejala ISK yang perlu diwaspadai yaitu sakit ketika buang air kecil, urine jadi keruh, dan anyang-anyangan," kata Dinda.

Jadi, pastikan para wanita selalu menjaga kebersihan di area organ intim selama perjalanan mudik. Masalah di seputar organ kewanitaan pun menjauh.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Instal Gim Fortnite di Android, Gampang Banget!

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah bisa diakses dari Android sejak awal Maret 2019, Epic, selaku developer Fortnite masih membatasi perangkat dan juga tidak merilis gim ini di toko aplikasi Google Play Store.

Alasannya adalah karena menginginkan keamanan lebih dengan ditempatkannya link pengunduhan Fortnite di tempat yang lebih aman.

Namun, tak semua perangkat bisa mendukung Fortnite di Android. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa mengunduh dan menginstal Fortnite di smartphone Android? Berikut ini caranya.

Samsung melakukan kerjasama dengan Epic Games sehingga ada beberapa perangkat Samsung yang bisa mengunduh Fortnite.

 

Cara Instal Fortnite di Samsung Galaxy

Fortnite resmi meluncur di perangkat Android. Liputan6.com/ Yuslianson

Jika kamu memiliki deretan smartphone di bawah ini, Fortnite bisa diakses langsung dari Galaxy App Store.

  • Samsung Galaxy Note 9
  • Samsung Galaxy Note 8
  • Samsung Galaxy S9/S9 Plus
  • Samsung Galaxy S8/S8 Plus
  • Samsung Galaxy S7/S7 Edge
  • Samsung Galaxy Tab S3
  • Samsung Galaxy Tab S4
  • Samsung Galaxy A9

Ketika kamu sudah mendapatkan tautan untuk menginstalnya, Fortnite bisa langsung diunduh dan akan terpasang langsung ke perangkat kamu.

Ukuran game ini sekitar 1,88GB dan pengunduhan installernya sekitar 40MB. Perlu dicatat, kamu akan diminta izin soal akses storage, langsung klik izinkan untuk melanjutkan install.

 

Cara Instal Fortnite di Perangkat Android non-Samsung

Fortnite x Avengers: Endgame (Doc: Epic Games)

Di luar banyak sekali perangkat Samsung yang telah mendukung permainan Fortnite, hanya ada beberapa perangkat dari pabrikan lain yang bisa mendukung game ini. Berikut beberapa di antaranya.

  • Google: Pixel/Pixel XL, Pixel 2/Pixel 2 XL, Pixel 3/XL
  • Asus: ROG Phone, Zenfone 4 Pro, 5Z, V
  • Essential Phone
  • Huawei: Honor 10, Honor Play, Mate 10/Pro, Mate RS, Nova 3, P20/Pro, V10, Honor View 20, Mate 20 /X/Pro
  • LG: G5, G6, G7 ThinQ, V20, V30/V30+
  • Nokia: 8, 8.1/X7
  • OnePlus: 5/5T, 6
  • Razer: Phone/Phone 2
  • Xiaomi: Blackshark, Mi5/5S/5S Plus, 6/6 Plus, Mi8/8 Explorer, Mi Mix, Mi Mix 2, Mi Mix 2S, Mi Note 2
  • ZTE: Axon 7/7s, Axon M, Nubia Z17/Z17s, Nubia Z11
  • HTC: 10, U Ultra, U11/ U11+, U12+
  • Lenovo: Moto Z/Z Droid, Moto Z2 Force, Lenovo Moto Z3
  • Sony: Xperia XZ/Premium, Xzs, XZ1/Compact, XZ2/Premium/Compact, XZ3

Nah jika kamu memiliki deretan smartphone tersebut di atas, kamu bisa langsung menuju website dari Epic Games, atau klik tautan https://www.epicgames.com/fortnite/en-US/mobile/android/get-started di perangkat Android.

 

Catatan Penting

Fortnite akuisisi perusahaan pembuat software anti-cheat di dalam gim. (Doc: Epic Games)

Sebagai catatan, kamu perlu menyetel perangkat untuk mematikan larangan pemasangan aplikasi pihak ketiga sebelum mendapat installer Fortnite Android.

Setelah terpasang, deretan smartphone yang bisa mendukung 60FPS juga bisa memainkan gim ini dengan lebih seru. Beberapa smartphone di antaranya adalah Samsung Note 9, Honor View 20, serta Huawei Mate 20 Pro dan Huawei Mate X.

Catatan tambahan, Epic tidak mendukung Fortnite di Android yang telah di-root. Namun Epic akan membuat Fortnite versi root di masa depan, sembari memperkuat keamanan dan solusi anti-cheat.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Unggah Foto Berhijab, Della Perez Isyaratkan Hijrah?

Posted: 30 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adik mendiang Julia Perez, Della Perez, beberapa waktu belakangan tampil dengan busana tertutup. Della Perez juga rutin mengenakan kerudung di bulan Ramadan ini.

Yang terbaru Della Perez mengunggah sebuah foto kala ia berkerudung, dengan menyertai sebuah keterangan foto yang membahas tentang proses. Banyak yang menganggap, Della Perez telah berhijrah.

"Semua butuh proses bismillah," tulis Della Perez dalam unggahannya di Instagram pada Rabu (29/5/2019).

Unggahan tersebut sontak mengundang banyak respons dari warganet.

 

Lebih Cantik

Della Wulan, adik bungsu Julia Perez

Sebagian besar sangat mendukung keputusan Della Perez. Malahan, Della Perez dianggap lebih cantik ketika berkerudung.

"Ya allah semoga kesayangankuistiqomah selamanya dengan hijabnya amiin@dellaperez," tulis @arumlistya23.

"Suer...tadi kukira @kartikaputriworld, della disini wajahnya 11-12 ih....Sudah berhijabkah? Semoga istiqomah yah...tambah syantik...," timpal @zegentopleaderbandung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Anak-Anak Yatim Pertama Kali Diajak Belanja Baju Lebaran Ini Bikin Haru

Posted: 30 May 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan suci Ramadan, orang akan berlomba-lomba mengamalkan kebaikan. Tak hanya salat dan puasa namun juga bersedekah. Ada banyak cara bersedekah, misal dengan membuka puasakan orang lain, memberi santunan kepada anak yatim dan lain sebagainya.

Mengajak buka puasa bersama dengan anak yatim piatu tentu bisa menjadi sebuah pilihan bersedekah. Tetapi lain halnya dengan kisah yang satu ini, dalam status Facebooknya, akun Facebook bernama Agus Penyoe ini mengajak anak-anak yatim untuk berbelanja baju lebaran dalam rangka kegiatan amal. 

Tak disangka respon dari anak-anak ini, membuat haru panitia, relawan sponsorship dan sejumlah partisipan. Dalam laman Facebooknya, Agus menceritakan jika ada anak yatim yang baru pertama kali mengunjungi mal, bahkan tegang saat masuk mal sampai muntah. Ada juga yang tidak bisa tidur semalaman karena bingung mau belanja apa dan ada yang baru pertama kali menggunakan eskalator atau pun mobil. 

Untuk berita selengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum dari akun Facebook Agus Penyoe, Jumat (31/5/2019).

 

 

 

Rasa Bahagia Saat Bisa Memilih Baju

Kisah Haru Anak Yatim (Sumber: Facebook/Agus Penyoe)

Rasa bahagia dari anak-anak tersebut terlihat jelas dari raut wajahnya. Mungkin terlihat sederhana, namun bagi anak-anak ini mungkin hal ini adalah pertama kalinya mereka bisa memilih sesuatu yang ia suka. Karena biasanya, mereka akan memakai pakaian dari pemberian orang lain untuk hari raya besok, itu pun jika ada orang baik hati yang akan memberinya. Namun, jika tak ada, mereka akan memilih pakaian yang masih layak buat dipakai di hari raya nanti.

"Makanya tidak heran pada saat mereka diajak buat belanja, diberikan pilihan dan menentukan pilihan, Mereka seolah-olah masih tidak percaya dengan hal tersebut. Bukan maksud mengajarkan konsumtif, tapi setidaknya kami ingin agar adek2 ini merasa mereka punya PILIHAN dalam hidup ini, merasa sama dengan anak lain walaupun itu mungkin sekali selama hidup mereka saat ini." tutur Agus  pada Rabu (29/5/2019) 

Dalam unggahannya, Agus juga menceritakan anak-anak yatim tersebut terlihat kaku, diam-diam mencuri kesempatan untuk menyentuh pakaian tersebut dan tidak berani menyentuh lagi ketika didatangi oleh karyawan. Saat diminta untuk berbelanja, ada yang lebih dahulu memilih untuk melihat-lihat mall, deretan, baju, sepatu tas dan pernak-pernik lainnya. 

Tak hanya itu, saat anak-anak yatim tersebut disuruh memilih dan mencoba. Terucap kata-kata yang membuat haru dari relawan atau pun petugasnya. Mereka terlihat sungkan, takut namun juga nampak bahagia. 

"Saat adik2 itu didekati, disuruh memilih, mencoba, maka akan terdengar Kata-kata yang bakal sering kami dengar dan akan kami ingat selalu dari mulut polosnya.. "Boleh kak?", "Ndak dimarah?", " Ndak apa-apa ini?", "Endak kok, cuma mau liat aja" tambah Agus 

 

 

Membuat Karyawan Menangis Haru

Kisah Haru Anak Yatim (Sumber: Facebook/Agus Penyoe)

Tak hanya anak-anak, karyawati tempat anak-anak berbelanja pun juga sampai menangis terharu saat ada seorang anak yang berujar ingin beli dua baju, untuk saudara yang tidak bisa ikut dan sedang sakit. Tentu saja, ucapan anak ini membuat petugas haru dan meminta karyawan pergi izin sebentar untuk menangis. 

"Ndak tahan liat ekspresi adek2 yatim ini mas pas mereka liat barang2 disini. Mereka takut pegang, disuruh milih mereka bingung. Disuruh coba mereka bengong, apalagi pas dipasangi sepatu, mereka jadi kaku. Ndak tahan liat mereka mas, mereka antara bahagia dan takut" ujar karyawan seperti dituliskan Agus.

Dalam penutup statusnya, tak lupa Agus mengucapkan terimakasih atas bantuan seluruh petugas, karyawan dan donatur yang terlibat dalam acara ini.

"Kalo bukan karena petugas dan relawan yang sabar, donatur, partisipan dan semua orang yang BAIK yang mengarahkan, menemani dan mengajari adik2 ini buat memilih tidak mungkin adek2 itu bakal mempunyai PILIHAN selama hidupnya saat ini.. Kami tidak bisa memberikan balasan atas apa yang telah diberikan oleh orang2 BAIK tersebut selain rasa terima kasih yang sebesar-besarnya pada orang-orang yang terlibat dalam acara ini" pungkas Agus. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat Jelang Libur Panjang Lebaran

Posted: 30 May 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) cenderung menguat jelang libur panjang Lebaran 2019.

Mengutip laman Bank Indonesia (BI), Jumat (31/5/2019), rupiah menguat 32 poin atau 0,22 persen ke posisi 14.385 per dolar AS dari penutupan 29 Mei 2019 di posisi 14.417 per dolar AS.

Demikian juga pergerakan rupiah yang ditunjukkan dari data Bloomberg. Rupiah menguat sekitar 30 poin ke posisi 14.380 pada awal pembukaan perdagangan dari penutupan 14.410 per dolar AS.

Pada Jumat siang, rupiah masih menguat ke posisi 14.378 per dolar AS. Sepanjang Jumat pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.376-14.415 per dolar AS.

Ekonom PT Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih menuturkan, penguatan rupiah seiring melambatnya ekonomi Amerika Serikat (AS) pada kuartal I 2019 tercatat 3,1 persen dibandingkan periode sama tahun lalu 4,2 persen.

"Kemungkinan ekonomi AS akan melambat pada triwulan berikutnya seiring dengan meningkatnya tensi perang dagang antara AS dengan China dimulai sejak awal April lalu," tutur Lana, seperti dikutip dari laman Antara, Jumat pekan ini.

Dari sentimen internal, fenomena mudik diprediksi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi perkirakan, jumlah pemiduk secara nasional tercatat 23 juta orang dibandingkan 2017 sebesar 20 juta dan 2018 sebesar 21,6 juta.

"Ritual mudik ini menjadi momentum terbaik pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Lana.

Lana prediksi, rupiah akan menguat di kisaran 14.390 per dolar AS hingga 14.410 per dolar AS.

 

Perdagangan Sebelumnya

Rupiah pada saat istirahat siang ini tercatat melemah sebesar 162 poin atau turun tajam 1,24 persen ke kisaran Rp 13.246 per dolar AS, Jakarta, Rabu (9/11). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak stabil menjelang libur panjang. Rupiah berpotensi menguat karena pengaruh regional.

Mengutip Bloomberg, Rabu (29/5/2019), rupiah dibuka di angka 14.386 per dolar AS, tak berbeda jauh dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.375 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran sempit atau cukup stabil di 14.385 per dolar AS hingga 14.386 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat tipis 0,02 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.380 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.360 per dolar AS.

konom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, pergerakan rupiah hari ini dipengaruhi oleh pasar yang mulai bersiap menghadapi cuti mulai awal Juni 2019.

"Kemungkinan rupiah relatif terjaga di tengah pasar yang sudah mulai kurang aktif karena libur panjang cuti bersama," kata Lana.

Lana menambahkan rupiah masih berpotensi menguat sepanjang hari karena adanya faktor eksternal yaitu pengaruh dari apresiasi beberapa mata uang Asia terhadap dolar AS.

"Mata uang kuat Asia utama, yen Jepang dan dolar Singapura, yang dibuka menguat terhadap dolar AS bisa menjadi sentimen penguatan rupiah," ujarnya.

Lana memprediksi rupiah hari ini akan masih dalam kisaran 14.350 per dolar AS hingga 14.370 per dolar AS.

 

Kata BI

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan nilai tukar rupiah masih berpotensi menguat. BI akan terus melakukan rangkaian kebijakan untuk memastikan stabilitas nilai tukar rupiah. Dengan demikian, nilai tukar rupiah akan sesuai dengan nilai fundamentalnya.

"Hari ini BI tekankan bahwa BI akan terus ada di pasar lakukan stabilitas rupiah sesuai dengan fundamentalnya. Kami yakin rupiah akan tetap stabil," jelasnya.

"Kami memperkirakan bahwa rupiah akan tetap bergerak stabil dan sejalan dengan perkembangan ekonomi ke depan ada kecenderungan yang terus akan stabil dan bahkan cenderung menguat," dia menandaskan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Capek dengan Kemacetan, Perusahaan Ini Sediakan Helikopter Untuk Mudik

Posted: 30 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fenomena mudik atau kembali ke kampung halaman ketika hari Lebaran, ternyata tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Indonesia saja. Di Malaysia pun juga ada tradisi mudik ketika menjelang Lebaran yang ternyata tidak jauh berbeda dengan Indonesia.

Semua orang tahu bahwa ketika mendekati Lebaran pasti semua jalanan utama akan penuh dan macet apabila telah memasuki musim puncak arus mudik. Tidak hanya untuk moda transportasi darat saja, namun di bandara dan pelabuhan pun semuanya penuh sesak dengan para penumpang yang menumpuk.

Karena hal inilah, sebuah perusahaan di Malaysia menyediakan jasa sewa helikopter mudik Lebaran untuk memberikan kenyamanan dalam mudik lebaran tahun ini. Pasti sangat nyaman ya?

Berikut mudik mengunakan helikopter yang Liputan6.com lansir dari WorldofBuzz, Jumat (31/5/2019).

Mudik Lebaran menggunakan helikopter

Kemacetan (sumber: thestar)

Perusahaan penyedia jasa sewa helikopter untuk mudik Lebaran ini menggunakan kampanye 'Balik Raya Elak Jam' atau mudik Lebaran hindari kemacetan.

Layanan ini dipersembahkan oleh Hazmi Dismasyq Group, sebuah perusahaan Malaysia yang dijalankan oleh Hazmi Hanipa. Pria 31 tahun ini telah menjalankan usaha penyewaan helikopter dan layanan penyewaan jet pribadi untuk para pebisnis selama sekitar 3 tahun.

"Ini adalah tahun pertama kami memutuskan untuk menawarkan layanan bersamaan dengan Hari Raya," jelasnya.

 

Rute paling populer Kuala Lumpur ke Kota Bharu

Saat ini, perusahaan memiliki 11 pemesanan dengan rute paling populer dari Kuala Lumpur ke Kota Bharu. Layanan akan dimulai pada 3 Juni dengan perjalanan satu arah ke Kelantan dengan tarif sekitar Rp 100-an juta.

Perusahaan telah menyiapkan 20 helikopter untuk musim mudik Lebaran dibandingkan dengan 6 helikopter untuk hari biasa dalam sehari, meskipun Hazmi tidak mengharapkan permintaan akan setinggi itu.

Penerbangan saat ini dipasang tarif Rp 60-an juta per jam dan dapat membawa hingga 6 orang per perjalanan. Sementara perjalanan dari Kuala Lumpur ke Kota Bharu dapat memakan waktu hingga 3 jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi: Antonio Conte Latih Inter Milan

Posted: 30 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Inter Milan akhirnya resmi memperkenalkan Antonio Conte sebagai pelatih baru mereka. Dalam perkenalannya, Inter menyebut Conte sebagai pilihan terbaik.

"Saya yakin Antonio Conte adalah salah satu yang terbaik di sana," ujar Presiden Inter Milan, Steven Zhang seperti dilansir situs resmi klub.

Inter Milan resmi berpisah jalan dengan Luciano Spalletti pada akhir musim ini. Di tangan Spalletti, Inter tak meraih trofi dan hanya finis di peringkat ketiga Liga Italia.

Zhang menambahkan, Inter Milan yakin Conte bisa membawa Inter Milan kembali ke masa kejayaan. "Untuk membuat klub ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia kembali," ujar Zhang.

Menurut kabar yang beredar, Inter Milan mengontrak Conte hingga tahun 2022. Soal gaji, Conte akan mendapat 12 juta euro per musim atau Rp 191 miliar, yang membuatnya menjadi pelatih dengan gaji tertinggi di Italia.

 

 

Tahap Baru

Manajer Inter Milan, Antonio Conte.  (AP Photo/Tim Ireland)

Conte sendiri menyebut Inter Milan menjadi tahapan baru dalam hidupnya. Ia pun antusias menghadapi tantangan yang bakal menanti di musim depan.

"Lewat kerja saya, saya akan membayar kepercayaan dari Presiden dan Direktur. Tahapan baru dalam hidup saya sedang dimulai, saya sangat antusias," kata Conte mengakhiri.

Prestasi Conte

Trofi Serie B: 1

Trofi Liga Italia: 3x

Piala Super Italia: 2x

Liga Inggris: 1x

Piala FA: 1x

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jasa Marga: Selama One Way Diberlakukan, Bus Diberikan Lajur Khusus

Posted: 30 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memberikan perlakuan khusus kepada moda transportasi bus publik saat pemberlakuan satu arah atau one way selama mudik Lebaran 2019.

"Untuk bus diperlakukan secara khusus saat one way. Ini perkembangan kita dengan Korps Lalu Lintas Polri (Korlantas), bus nanti pada saat sampai simpang Jomin bisa masuk ke gerbang Cikampek dan nanti di Km 72 diberi lajur khusus agar bisa cepat kembali ke Jakarta untuk mengangkut penumpang," ujar Direktur Operasi Jasa Marga Subakti Syukur di Jakarta, Senin.

Subakti menjelaskan bahwa pihaknya nanti memberikan satu lajur khusus yakni di GT Cikampek Utama 6, agar bus-bus bisa langsung melakukan transaksi.

"Jadi nanti dari Cikampek kita kasih satu lajur khusus untuk bisa masuk sebelum ke one way," katanya seperti dikutip Antara.

Direktur Operasi Jasa Marga tersebut juga menambahkan pihaknya memutuskan langkah untuk memperlakukan bus itu bersama Kakorlantas dan Dirlantas Jabar, sehingga nantinya bus mendapatkan perlakuan khusus.

Sebelumnya Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri menyampaikan sistem contraflow dan one way akan diterapkan untuk mengatasi kepadatan di jalan Tol Jakarta-Cikampek pada arus mudik Lebaran 2019.

 

Diberlakukan Contraflow dan One Way

Kepadatan kendaraan pemudik jelang akses masuk rest area KM 33, KM 39, KM 50, dan KM 57, serta jalan menyempit di KM 37+500. (Liputan6.com/Abramena)

Dia mengatakan bahwa rencana pengaturan lalu lintas contra flow maupun one way akan diberlakukan mulai 30-31 Mei 2019 serta 1-2 Juni 2019 untuk arus mudik dan untuk arus balik akan diterapkan pada 8-10 Juni 2019.

Untuk contra flow akan diberlakukan mulai dari Kilometer 29 sampai dengan Kilometer 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, yakni mulai pukul 06.00-21.00 WIB.

Kemudian one way diberlakukan mulai dari Kilometer 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan Kilometer 263 Jalan Tol Pejagan-Pemalang pada pukul 09.00-21.00 WIB.

Jalur one way hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil, sedangkan kendaraan besar atau bis serta pengguna jalan dengan jarak pendek agar menggunakan jalur normal.

Sementara untuk pengguna jalan dengan tujuan jarak jauh seperti Cirebon dan Semarang dapat menggunakan jalur one way sebagai jalur alternatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UTBK 2019 Selesai, Pengumuman Hasil Dapat Dilihat di Laman Ini

Posted: 30 May 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi menyatakan, seluruh sesi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2019 telah selesai dilaksanakan sesuai jadwal pada 25-26 Mei 2019.

"UTBK yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2019 total peserta terdaftar sebanyak 113.189 peserta yang terbagi pada sesi pagi sebanyak 58.140 peserta, dan sesi siang sebanyak 55.049 peserta," ujar Ravik dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Selanjutnya, hasil UTBK tanggal 25-26 Mei 2019 akan diumumkan pada 1 Juni 2019 pukul 10.00 WIB, dan dapat dilihat di laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK.

Ravik mengingatkan, para peserta UTBK 2019 yang akan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 diharapkan memperhatikan persyaratan dan tahapan pendaftaran yang dapat dilihat di laman sbmptn.ltmpt.ac.id.

Adapun pendaftaran SBMPTN 2019 dilakukan melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id yang akan dimulai pada tanggal 10-24 Juni 2019.

Ravik melanjutkan, sesi pagi UTBK terdiri dari kelompok Saintek sebanyak 34.167 peserta dan Soshum 23.973 peserta dengan menggunakan 2.016 ruang yang berada di 64 Pusat UTBK.

Sedangkan untuk sesi siang, peserta kelompok Saintek sebanyak 29.568 peserta dan Soshum 25.481 peserta dengan ruang yang digunakan sebanyak 1.918 ruang yang berada di 56 Pusat UTBK.

Diinformasikan bahwa UTBK tanggal 25 Mei 2019 tersebut terdapat peserta disabilitas tuna netra sebanyak 32 peserta yang tempat ujiannya tersebar di 14 Pusat UTBK.

Adapun peserta disabilitas tuna netra terbanyak mengikuti ujian di Universitas Negeri Yogyakarta (6 peserta), Universitas Indonesia (5 peserta) dan Universitas Sumetera Utara, Universitas Negeri Makasar serta Universitas Sam Ratulangi masing-masing 3 peserta.

Kemudian data statistik UTBK yang dilaksanakan tanggal 26 Mei 2019, total peserta terdaftar sebanyak 102.972 peserta yang terbagi pada sesi pagi sebanyak 52.727 peserta dan sesi siang 50.245 peserta. Sesi pagi terdiri dari peserta kelompok Saintek sebanyak 32.404 peserta dan Soshum sebanyak 20.323 peserta dengan ruang yang digunakan sebanyak 1.851 ruang yang berada di 50 Pusat UTBK.

Untuk sesi siang peserta Saintek sebanyak 27.242 peserta dan Soshum 23.003 peserta dengan jumlah ruang 1.771 ruang ujian yang berada di 47 Pusat UTBK.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Pria Ini Salah Angle, 6 Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak

Posted: 30 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fotografi merupakan media manusia untuk mengabadikan momen-momen spesial di dalam kehidupannya. Tapi ada kalanya foto-foto yang tertangkap kamera tak sengaja diambil di waktu dan angle yang pas. Angle merupakan sebuah faktor yang dapat membuat hasil foto kamu bagus atau tidak.

Karena sebagus atau seindah apapun obyeknya bila tidak dipotret dengan angle yang benar hasilnya akan sama saja kurang memuaskan. Sebaliknya, meskipun obyeknya biasa saja, dengan pemilihan angle yang tepat hasilnya pasti luar biasa.

Jadi untuk membuat hasil foto yang bagus bukanlah hal sulit, sekalipun bagi orang yang amatir terhadap fotografi dengan memahami cara mengambil angle bisa mendapatkan hasil yang baik. Jika kamu ingin memperbaiki foto-foto yang kamu potret dalam angle yang salah salah satunya adalah dengan melakukan editing photoshop.

Namun, jika ingin melakukan editing photoshop jangan sesekali minta tolong ke netizen jika gak ingin mengalami hasil seperti pria ini. Seperti yang di unggah oleh akun Facebook Kementerian Humor Indonesia yang memosting hasil photoshop pria di menara Eiffel.

Berikut Liputan6.com rangkum foto pria ini salah angle, hasil photoshopnya malah bikin ngakak, Jumat (31/5/2019).

Awalnya ingin foto-foto ala Instagram, tapi apa daya pengambilan foto ternyata salah angle

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

1. Tanpa pikir panjang Photoshop ala netizen merupakan solusi, gini hasilnya

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

2. Biar ujung jari sampai di puncak menara Eifel, tinggal potong dengan black hole aja

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

3. Menaranya diperkecil tapi bayangannya enggak harus sebesar itu juga

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

4. Gaya ala anak basket yang cuek saat masukin bola ring

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

5. Ini sungguh cara yang simpel banget

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

6. Kok jadi dibalik gini ya

Foto Pria Ini Salah Angle, Hasil Photoshopnya Malah Bikin Ngakak (sumber:Facebook/Kementrian Humor Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Liverpool Waspadai Dua Pemain Tottenham Hotspur

Posted: 30 May 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Liverpool akan bertemu sesama klub Premier League, Tottenham Hotspur, dalam partai final Liga Champions 2018-2019 akhir pekan nanti. Bek Liverpool, Virgil van Dijk tak mau terlena timnya lebih banyak diunggulkan bakal memenangi turnamen elite ini.

Prediksi-prediksi itu datang dari ketangguhan Liverpool selama musim 2018-2019 di Premier League. Meski akhirnya gagal jadi juara, Liverpool sejatinya banyak membukukan sejumlah catatan mengesankan. 

Namun, itu semua menurut Virgil van Dijk bukan jaminan buat Liverpool mampu menekuk Tottenham pada final mendatang.

"Orang-orang boleh bicara sesuka mereka, bahwa kami punya musim ketimbang mereka di liga," ujarnya.

"Mungkin itu benar, tapi apa pun bisa terjadi. Final ini hanya satu pertandingan saja."

"Mereka tim yang sangat bagus, dan memiliki banyak kekuatan," ucapnya.

Bek yang merebut gelar PFA Player of the Year 2018-2019 ini lantas buka suara perihal kekuatan Spurs.

"Mereka punya kiper fantastis, dua bek tengah luar biasa, dan gelandang yang juga bagus."

 

Komentar Van Dijk

"Mereka punya Victor Wanyama, yang saya kenal dari Southampton, dan Christian Eriksen, yang sudah melakukan tugasnya bertahun-tahun dengan bagus," sebutnya.

"Di depan, mereka punya pemain yang bisa jadi pembeda, jadi kami harus siap," lanjutnya.

"Tapi, saya yakin mereka juga berpikiran sama seperti kami. Kami bukan tim "baik-baik", jadi ini akan jadi laga sulit," tegas bek internasional Belanda ini.

Liverpool dijadwalkan bertolak ke Madrid pada Jumat waktu setempat (31/5/2019), sementara partai final dimainkan di Wanda Metropolitano Stadium, Madrid, Minggu dini hari WIB (2/6/2019).

Sumber: Mirror/Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H-5 Lebaran, Terminal Kampung Rambutan Didominasi Pemudik ke Sumatera

Posted: 30 May 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur dipadati pemudik dengan berbagai tujuan daerah pada H-5 Lebaran Idul Fitri 2019. Kepadatan di salah satu stasiun terbesar di Jakarta itu didominasi pemudik tujuan Sumatera.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (31/5/2019), calon pemudik mulai memadati loket bus jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Sumatera.

Calon penumpang lainnya juga terlihat duduk di kursi peron yang disediakan. Namun kerumunan massa terlihat lebih banyak duduk di kursi tunggu bus jurusan Sumatera. Salah satunya Ratna (35).

Dia bersama sang suami dan kedua anaknya bermaksud mudik menuju kampung halaman di Lampung. Kebetulan sang suami yang merupakan pekerja pabrik sudah mendapatkan libur per hari ini.

"Ke rumah nenek," tutur Ratna saat berbincang dengan Liputan6.com di lokasi.

Ratna memilih berangkat hari ini untuk mengantisipasi membludaknya pemudik pada H-3 Lebaran. Dia berpengalaman, mudik mendekati hari Raya Idul Fitri akan terasa lebih melelahkan.

"Berdesakan, mana bawa anak kecil-kecil. Kasihan," ucap Ratna.

Lain dengan Ratna, salah satu pengguna jasa transportasi di Terminal Kampung Rambutan, Nur Barkah (45) berencana mudik menuju Garut, Jawa Barat.

Dia berangkat lebih awal dibandingkan sang suami. Sebab suami masih harus masuk kerja hari ini dan baru akan libur mulai Sabtu 1 Juni 2019.

"Memang rumah keluarga di sana semua. Ngumpul di sana," kata Nur Barkah.

Alasannya mudik lebih awal pun tidak berbeda dengan Ratna. Dia memilih perjalanan lebih awal agar bisa santai dan menghindari waktu membludaknya pemudik.

Di Terminal Kampung Rambutan didirikan sejumlah posko. Mulai dari posko kepolisian, Dinas Perhubungan, hingga penanganan medis yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).

Terdapat juga ruang laktasi untuk ibu menyusui. Selain itu, pengelola Terminal Kampung Rambutan juga menyediakan tempat mengisi daya baterai ponsel.

Dampak Tarif Tinggi Pesawat

Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (10/6). Lebih dari 28 ribu pemudik sudah meninggalkan Ibu Kota menuju kampung halamannya dengan bus hingga H-5 Lebaran 2018 pagi ini. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Kepala Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto mengatakan, jumlah calon pemudik pada H-6 lebaran hingga pukul 08.00 WIB sudah menyentuh angka 4 ribu. 

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka tersebut tidak ada peningkatan signifikan secara keseluruhan. Namun peningkatan penumpang terjadi pada tujuan Sumatera ketimbang Jawa.

Menurut Thofik, salah satu faktor tujuan Sumatera meningkat adalah melambungnya harga tiket pesawat. Atas dasar itu, kata Thofik, terminal yang telah dibangun sejak 1986 itu tetap menyediakan bus cadangan.

Setelah berkoordinasi dengan operator bus, Thofik mengatakan, bus cadangan yang disediakan mencapai 200 armada. "Jumlah yang disiapkan itu kurang lebih 200 kendaraan," tukasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Bantah Harga Tiket Bandung-Medan Rp 21 Juta

Posted: 30 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia membantah harga tiket penerbangannya  mencapai Rp 21 juta seperti diberitakan di media massa.

Harga tiket penerbangan Jakarta-Medan yang dijual Garuda Indonesia sebesar Rp 2,1 juta sesuai tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah. 

Harga yang ditulis di media massa adalah  harga tiket rute Bandung - Medan seharga Rp 21 juta tapi  penerbangannya bukan penerbangan langsung tapi melibatkan banyak kota sebagai transit yaitu Bandung - Denpasar - Jakarta - Kualanamu dan memutar jauh sehingga harganya menjadi mahal. Bukan penerbangan langsung. Demikian seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (31/5/2019).

Garuda Indonesia sendiri tidak punya rute Bandung-Medan. Masyarakat diimbau lebih cermat bila bertransaksi di online travel dan perlu melihat detail rute dan transit yang ditawarkan oleh sistem pencari.

Ini karena sistem akan mencari rute seat yang available walaupun terlalu banyak transit,  memutar jauh dan melibatkan banyak maskapai penerbangan sehingga harga yang muncul terlalu mahal.

Seluruh rute penerbangan Garuda Indonesia mengimplementasikan harga tiket yang mengacu kepada tarif batas atas yang ditentukan oleh Pemerintah.

 

Harga Tiket Pesawat Terlihat Mahal, Ini Penyebabnya

Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi antara Kementerian Bidang Perekonomian dan Kementerian Perhubungan memutuskan tarif batas atas tiket pesawat turun sebesar 12-16 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, masyarakat tengah ramai membicarakan mahalnya harga tiket pesawat untuk rute-rute tertentu menjelang liburan Lebaran 2019. Tiket Bandung-Medan atau Jakarta-Makassar misalnya, di platform layanan aplikasi penjualan tiket seperti Traveloka.com atau Tiket.com, bisa dijual lima enam kali lipat dari tarif normal.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Keuangan Polana B. Pramesti menegaskan, pihaknya telah meminta maskapai untuk mengingatkan dan menegur mitra penjual atau agen untuk tidak menampilkan harga yang tidak masuk akal karena penerbangan harus melalui beberapa kali transit.

"Karena yang muncul di layar aplikasi konsumen, harga tiket pesawat jadi tidak masuk akal. Kalau maskapai tidak diingatkan untuk menegur mitra mereka, ini akan merugikan reputasi maskapai sendiri, sekaligus membuat calon penumpang menjerit," ujar Polana, Jumat, 31 Mei 2019.

Polana menambahkan, dalam suasana di mana permintaan tiket pesawat mengalami puncak seperti musim liburan dan Lebaran 2019 tahun ini, pemunculan harga yang tidak masuk akan makin membuat publik kebingungan dan menurunkan kepercayaan terhadap pelayanan dalam industri penerbangan.

Tiket pesawat yang dijual di aplikasi bukanlah tiket penerbangan langsung sesuai tujuan. Untuk rute Bandung tujuan Medan misalnya, tiket yang ditawarkan adalah melalui transit Denpasar dan Jakarta, baru terbang ke Medan. Bagaimana dengan Jakarta-Makassar? Penerbangan yang ditawarkan harus transit melalui Jayapura, baru terbang lagi ke barat dari Jayapura ke Makassar.

 

Mengapa Bisa Terjadi?

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Mengapa rute yang dipilih calon penumpang bisa menjadi seperti itu? Mengapa itu bisa terjadi?

Karena platform aplikasi penjualan tiket menawarkan pilihan sesuai dengan rute dan tanggal yang sudah dipilih oleh konsumen atau calon penumpang. Setelah calon penumpang memilih rute dan tanggal, mesin aplikasi akan mencarikan semua jadwal penerbangan yang tersedia untuk rute tersebut pada tanggal yang telah dipilih.

Aplikasi kemudian akan memfilter jadwal yang masih tersedia, lalu menampilkannya di layar aplikasi pelanggan. Di layar, pelanggan bisa mengurutkan berdasarkan harga yang ditawarkan, termasuk memfilter jenis-jenis maskapai tertentu.

Karena berbasis mesin algoritma, maka aplikasi akan menyediakan semua pilihan yang tersedia, termasuk apabila rute penerbangannya harus transit melalui bandara-bandara tertentu.

Pada musim-musim ramai seperti liburan Lebaran, penerbangan langsung untuk tanggal-tanggal favorit biasanya sudah tidak tersedia. Calon penumpang yang membeli di waktu yang mepet dengan tanggal keberangkatan, akan disodori pilihan penerbangan yang masih tersisa, termasuk apabila harus transit.

Pencarian rute yang dipilih calon konsumen tentu saja menggunakan mesin. Mesin akan memasukkan harga tiket sesuai dengan rute penerbangan yang masih tersedia, sehingga apabila diakumulasi harganya menjadi berlipat-lipat dibandingkan dengan penerbangan langsung.

Aturan Industri Penerbangan

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam peraturan di industri penerbangan, penumpang akan dibebani biaya tambahan seperti pajak iuran wajib asuransi, dan Passanger service charge ( PSC) untuk penerbangan ke setiap titik. Apabila rute yang dipilih konsumen harus transit di 2 bandara, maka ia akan dikenai tambahan biaya sebanyak 3 kali, yakni biaya di bandara keberangkatan dan dua bandara transit.

Lalu, bagaimana mungkin rute Jakarta-Makassar ditawarkan harus transit ke Jayapura terlebih dahulu? Atau untuk terbang dari Bandung ke Medan, calon penumpang harus terbang ke Denpasar terlebih dahulu?

Karena berdasarkan mesin yang ada dalam aplikasi layanan online, penerbangan untuk jadwal yang dipilih calon penumpang pada tanggal tersebut, tinggal itulah satu-satunya pilihan yang tersedia, sedangkan pilihan penerbangan yang langsung sudah diambil oleh penumpang lain jauh-jauh hari sebelumnya.

Dengan cara bekerja mesin layanan seperti itu, maka aplikasi akan memunculkan semua kemungkinan yang masih tersedia untuk jadwal penerbangan yang diinginkan konsumen, sehingga mengakibatkan harganya menjadi tidak masuk akal, karena diakumulasi dari setiap penerbangan dari titik keberangkatan ke titik transit pertama, transit kedua, dan seterusnya, sampai dengan titik akhir penerbangan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa yang Sering Dibaca Rasulullah dan Surat Pendek Saat Salat

Posted: 30 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Doa yang sering dibaca Rasulullah sudah sepatunya kita sebagai umat islam teladani. Sebagaimana semua umat islam tahu, apa saja perbuatan Rasulullah memang pantas ditiru karena memang beliau adalah pemimpin umat islam, termasuk dalam doa.

Tentunya berdoa adalah kebiasaan sehari-hari yang selalu kamu lakukan setelah salat atau dalam waktu apapun. Dalam berdoa tentunya kamu menyampaikan seluruh keluh kesah dan permohonan kepada Allah SWT. Doa Rasulullah bisa menjadi referensi untuk dilafalkan setiap kali berdoa.

Doa yang sering dibaca Rasulullah mengandung makna dalam untuk menyelamatkan baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, kamu wajib tahu dan menghafalkan doa doa tersebut dalam rangka meneladani Nabi Muhammad SAW.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/5/2019) tentang doa yang sering dibaca Rasulullah.

Doa yang sering dibaca Rasulullah

Doa yang Sering Dibaca Rasulullah / Sumber: iStcokphoto

Ada dua doa yang sering dibaca Rasulullah semasa hidup beliau. Sebagaimana telah umat Islam ketahui juga, Rasulullah selalu menyertakan doa dalam setiap aktivitasnya. Doa yang sering dibaca Rasulullah yang pertama adalah:

Allahumma rabbanaa aatina fid dun-ya hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qina 'adzaban naar

Yang artinya: "Wahai Rabb kami, karuniakanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka"

Doa yang sering dibaca rasulullah ini tercantum dalam hadits riwayat Bukhari, dimana Anas ra berkata "Doa yang paling banyak dipanjatkan Nabi Saw adalah "Rabbana aatina fid dun-yaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa 'adzaban naar" (HR. Bukhari)

Selain itu, doa yang paling sering dibaca Rasulullah yang kedua adalah doa memohon keteguhan iman kepada Allah SWT. Doa tersebut berbunyi:

Yaa muqollibal quluub, tsabbit qolbi 'ala dinika

Yang artinya: "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu"

Imam Abu Daud meriwayatkan, dari Syahr bin Hausyab berkata "Aku mendatangi Ummu Salamah dan bertanya "Beritahu aku doa yang paling sering diucapkan Nabi SAW", Ummu Salamah pun menjawab "Doa yang paling sering dibaca Nabi SAW adalah "Yaa muqollibal quluub, tsabbit qolbi 'ala dinika".

Lalu Rasulullah SAW ditanya mengenai hal tersebut "Ya Rasulullah, mengapa engkau sering membaca doa ini?" "Sesungguhnya hati anak Adam berada di antara dua ujung jari Ar-Rahman, apabila Ia berkehendak maka akan diteguhkan (imannya) dan jika Ia berkehendak maka Ia akan mencabutnya".

Oleh karena itu, telah jelas bagi seluruh umat islam tentang doa yang sering dibaca Rasulullah ini. Dengan meneladani doa yang sering dibaca Rasulullah ini, kamu bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan berkah.

Surat yang Sering Dibaca Rasulullah Saat Salat

Ilustrasi salat (iStock)

Selain harus mengetahui doa yang sering dibaca Rasulullah, kamu juga perlu mengetahui tentang surat yang sering dibaca rasulullah saat salat. Seperti yang tercantum dalam buku Ahmad Lutfi Fathullah yang berjudul Kumpulan Ayat-ayat Al-Qur'an Populer dan Sering Dibaca Imam, menyebutkan beberapa hadits tentang surat yang sering dibaca rasulullah saat salat.

1. Surat Al-Kafirun (QS. 109) dan Al-Ikhlas (QS.112).

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah disebut sering kali membaca Surat al-Kafirun dan al-Ikhlas saat menunaikan shalat lima waktu, termasuk ketika salat qobliyah Subuh.

2. Surat At-Tin (QS. 95).

Berdasarkan Hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Suatu hari, Rasulullah berada dalam suatu perjalanan. Pada saat waktu shalat Isya tiba, ia mengajak sahabat-sahabatnya untuk shalat. Adapun surat yang dibaca pada salah satu rakaat salat Isya adalah Surat at-Tin.

3. Surat Asy-Syams (QS. 91)

Buraidah menyebut kalau Rasulullah pernah membaca Surat asy-Syams pada saat shalat Isya.

4. Surat Al Buruuj (QS. 85), dan At-Thariq (QS. 86)

Keduanya pernah dibaca Rasulullah ketika menunaikan salat Dzuhur dan Ashar sebagaimana yang diceritakan Jabir dari Samrah.

5. Surat Qaf (QS. 50).

Tidak hanya membaca surat-surat pendek yang ada di juz 30 saja, Rasulullah juga membaca surat-surat lainnya yang memiliki ayat panjang. Sahabat Quthbah menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah membaca Surat Qaf pada saat menjalankan salat Subuh.  

Surat yang dibaca rasulullah sebenarnya memang beragam. Namun itulah surat-surat yang disebutkan dalam hadits. Kamu mestinya juga bisa memaknai surat tersebut sebagai doa yang sering dibaca Rasulullah dengan memahami artinya. Tidak ada aturan pasti terkait dengan surat atau ayat apa saja yang harus dibaca ketika salat.

Surat atau ayat apa saja bisa dibaca, biasanya surat atau ayat disesuaikan dengan situasi atau momen yang terjadi seperti ayat ayat tentang puasa biasanya juga sering dibaca di bulan Ramadan saat berpuasa.

Jadi kamu perlu mengetahui tentang berbagai macam doa yang sering dibaca rasulullah dan berbagai surat yang sering dibaca rasulullah saat salat. Semoga kita selalu menjadi orang-orang yang meneladani Rasulullah dalam kehidupan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Narendra Modi Kembali Dilantik Jadi PM India

Posted: 30 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prosesi pengucapan sumpah sebagai Perdana Menteri India kembali dijalani Narendra Modi. Setelah Partainya, Bharatiya Janata memenangi Pemilu India.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Zodiak yang Tingkahnya Suka Bikin Kesal Pas Mau Makan

Posted: 30 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap zodiak pasti memiliki karakter yang berbeda-beda dan juga unik. Ada yang suka bikin naik darah alias ngeselin, ada juga yang tingkahnya manis dan humoris.

Tapi, pernahkah bertemu teman atau orang-orang terdekat yang tingkahnya suka bikin jengkel pas mau makan? Siapa tahu mereka salah satu dari zodiak ini.

Mulai dari zodiak yang suka menentukan pilihan mau makan apa, emosian pas lapar, sampai rela tidak makan demi membeli sesuatu yang diinginkan.

Kira-kira zodiak apa saja ya yang tingkahnya seperti itu? Yuk, langsung saja cek di channel Indovidgram di Vidio berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sosok Perempuan Pertama Didikan Akademi Valentino Rossi

Posted: 30 May 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Anak didik Rossi ini masih berusia 17 tahun. Sebelumnya ia pernah mengikuti sejumlah kompetisi balapan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Mudik Dengan Lansia Agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Posted: 30 May 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lebaran tentunya adalah momen yang sangat tepat untuk berkumpul bersama seluruh keluarga. Oleh karena itu, semua orang berbondong-bondong melakukan mudik ke kampung halaman dalam rangka berkumpul saat hari raya Idul Fitri ini.

Momen Lebaran ini tentunya juga sangat ditunggu-tunggu oleh orang tua ataupun kakek nenekmu. Mereka tentunya juga sangat ingin bertemu dengan anak dan cucu. Namun karena faktor usia, banyak orang yang ragu membawa lansia saat perjalanan mudik.

Mudik dengan lansia agar perjalanan aman dan nyaman bisa dilaksanakan dengan persiapan yang matang. Jangan sampai karena faktor fisik dan usia para lansia menjadi alasan agar mereka tidak ikut dalam perjalanan mudik.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tips mudik Lebaran dengan lansia dari berbagai sumber, Jumat (31/5/2019).

Cek Kesehatan dan Pilih Transportasi yang Tepat

lansia (Ilustrasi Lansia/iStockphoto)

1. Cek Kesehatan Sebelum Berangkat

Tips pertama yang harus dilakukan saat akan mudik dengan lansia adalah melakukan cek kesehatan. Hal ini sudah harus dilakukan sebelum perjalanan mudik dilakukan.

Apalagi bila perjalanan mudik yang akan ditempuh cukup jauh dan usia ibu bapak atau kakek nenek sudah melebihi 65 tahun. Kamu harus memastikan kesehatan mereka agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di perjalanan.

Hal paling penting dalam mudik dengan lansia ini adalah kamu tidak bisa mudik secara mendadak. Harus dilakukan berbagai persiapan terlebih dahulu. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum perjalanan sehingga persiapan akan lebih baik.

Bila kondisi mereka sedang tidak baik, maka lebih baik kamu menunda dulu perjalanan mudik, tunggulah sampai keadaan tubuh mereka sampai benar-benar baik.

2. Pilih Transportasi yang Tepat

Setelah melakukan cek kesehatan, kamu bisa memilih transportasi yang akan digunakan saat mudik. Usahakan untuk memilih transportasi yang aman serta nyaman.

Faktor usia dan kesehatan lansia yang sudah tidak sebugar orang muda menjadi pertimbangan utama dalah memilih transportasi. Tentunya bila menggunakan kendaraan pribadi akan lebih leluasa dan nyaman.

Namun bila kamu berencana mudik dengan transportasi umum, maka pemilihan transportasi ini tidak boleh diabaikan. Bila perjalanan mudik cukup jauh, lebih baik menggunakan pesawat terbang yang lebih cepat dan nyaman.

Selain itu, untuk perjalanan yang tergolong tidak terlalu jauh, kamu bisa menggunakan kereta api dengan harga yang biasanya lebih murah. Pilihan transportasi ini merupakan salah satu tips mudik yang terpenting saat membawa lansia.

Membawa Makanan, Obat-Obatan, dan Beristirahat

Ilustrasi bekal./Copyright pixabay.com/id/users/jyleen21-738506

3. Membawa Bekal Makanan yang Cukup

Tips mudik dengan lansia selanjutnya adalah membawa bekal makanan yang cukup. Membawa bekal makanan menjadi salah satu persiapan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan energi.

Kamu juga harus memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi lansia terkait kondisi tubuhnya. Dengan memperhatikan nilai gizi dan kandungan pada makanan yang dibawa, maka akan semakin baik persiapan mudik.

Makanan sehat dan praktis seperti buah-buahan, salad, serta biskuit bisa kamu bawa dalam perjalanan mudik. Selain itu, air puith yang banyak juga harus dipersiapkan agar tidak dehidrasi.

4. Mempersiapkan Obat-obatan

Tips mudik dengan lansia selanjutnya adalah mempersiapkan obat-obatan. Terlepas dari menggunakan transportasi apapun kamu melakukan perjalanan mudik, obat-obatan tidak boleh lupa dibawa.

Apalagi bila lansia memiliki riwayat penyakit tertentu. Selain obat khusus, kamu juga bisa membawa obat-obatan umum seperti obat mual, obat pusing, obat diare, kotak p3k, serta minyak kayu putih selama perjalanan mudik.

Meskipun nantinya tidak digunakan, membawa obat-obatan bisa menjadi tips mudik dengan lansia yang penting demi menjamin kesehatan mereka selama di perjalanan. 

5. Banyak Beristirahat

Karena faktor usia dan fisik yang sudah tidak sekuat saat muda dulu, lansia harus banyak beristirahat. Waktu yang paling tepat untuk segera bersitirahat adalah setiap 2 jam perjalanan.

Berhentilah sejenak di pom bensin atau rest area setiap 2 jam untuk memulihkan tenaga. Dengan berjalan-jalan sebentar saat beristirahat dapat mengembalikan tenaga lansia dan kembali membuat mereka lebih relaks dalam perjalanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Saybie, Bayi Terkecil di Dunia yang Lahir Sebesar Apel

Posted: 30 May 2019 09:22 PM PDT

Foto pada Desember 2018, seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Diyakini sebagai bayi terkecil yang pernah selamat dari kelahiran prematur, berat badan Saybie sama dengan sebuah apel besar ketika ia dilahirkan pada usia 23 minggu dan tiga hari Desember 2018 lalu. (HO/AFP/SHARP HEALTHCARE)

Foto pada Desember 2018, seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Diyakini sebagai bayi terkecil yang pernah selamat dari kelahiran prematur, berat badan Saybie sama dengan sebuah apel besar ketika ia dilahirkan pada usia 23 minggu dan tiga hari Desember 2018 lalu. (HO/AFP/SHARP HEALTHCARE)

Foto pada Maret 2019 memperlihatkan seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Saybie dilahirkan dengan operasi caesar darurat setelah sang ibu didiagnosis menderita pre-eklampsia, komplikasi kehamilan yang dapat berakibat fatal bagi ibu dan bayi. (Sharp HealthCare via AP)

Foto pada Maret 2019 memperlihatkan seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Saybie dilahirkan dengan operasi caesar darurat setelah sang ibu didiagnosis menderita pre-eklampsia, komplikasi kehamilan yang dapat berakibat fatal bagi ibu dan bayi. (Sharp HealthCare via AP)

Foto pada Maret 2019 memperlihatkan seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Setelah hampir lima bulan di unit perawatan intensif neonatal, Saybie pulang ke rumahnya di awal bulan Mei dan beratnya kini sudah berada di angka 2,2 kilogram. (Sharp HealthCare via AP)

Foto pada Maret 2019 memperlihatkan seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Setelah hampir lima bulan di unit perawatan intensif neonatal, Saybie pulang ke rumahnya di awal bulan Mei dan beratnya kini sudah berada di angka 2,2 kilogram. (Sharp HealthCare via AP)

Foto pada 28 Mei 2019 memperlihatkan seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Menurut Tiniest Babies Registry,  Saybie diyakini memecahkan rekor bayi terkecil di dunia yang sebelumnya dipegang seorang bayi yang lahir dengan berat badan 8,9 ons pada 2015 di Jerman. (Sharp HealthCare via AP)

Foto pada 28 Mei 2019 memperlihatkan seorang bayi yang dipanggil dengan nama Saybie. Menurut Tiniest Babies Registry, Saybie diyakini memecahkan rekor bayi terkecil di dunia yang sebelumnya dipegang seorang bayi yang lahir dengan berat badan 8,9 ons pada 2015 di Jerman. (Sharp HealthCare via AP)

Foto pada 29 Mei 2019 memperlihatkan seorang perawat menggendong Saybie yang merupakan bayi terkecil di dunia yang pernah selamat dari kelahiran prematur. Pihak rumah sakit mengatakan, Saybie bisa bertahan hidup karena dia lahir dalam keadaan sehat. (HO/AFP/SHARP HEALTHCARE)

Foto pada 29 Mei 2019 memperlihatkan seorang perawat menggendong Saybie yang merupakan bayi terkecil di dunia yang pernah selamat dari kelahiran prematur. Pihak rumah sakit mengatakan, Saybie bisa bertahan hidup karena dia lahir dalam keadaan sehat. (HO/AFP/SHARP HEALTHCARE)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN: Tudingan Jokowi Mobilisasi ASN Salah Total

Posted: 30 May 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Raja Juli Antoni menegaskan, tudingan mengenai capres petahana Jokowi menggerahkan aparat sipil negara (ASN) dan BUMN di Pilpres 2019, keliru.

"Data dikatakan Pak Moeldoko (Ketua Harian Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf, sekaligus Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko) ini menunjukkan, adanya mobilisasi ASN ke Pak Jokowi itu malahan salah total, malah menunjukkan ASN cenderung ke Pak Prabowo," kata Toni saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (31/5/2019).

Toni menganalisis, salah satu dugaan mengapa ASN tidak mendukung petahana untuk dua periode, salah satunya mungkin karena kinerja Jokowi yang selalu bergerak cepat dan bersih.

Menurutnya, ASN keteteran dengan pola Jokowi yang out of the box, ketimbang pola kerja ASN yang cenderung kebanyakan kurang sigap.

"Pemerintahan Pak Jokowi kan good governance dan antikorupsi membuat ASN (sepertinya) enggak suka. Pak Jokowi datang sebagai pembaharu, giatnya bekerja. Ini merepotkan birokrat kita mengerjakan sesuatu something out of the box," jelas dia.

Karenanya, menurut Toni, data pegawai BUMN yang memilih kubu 02 mencapai 78 persen dan ASN 72 persen memilih Prabowo telah membantah tuduhan yang selama ini mengatakan ada mobilisasi di level ASN kepada Jokowi-Ma'ruf. Termasuk di komplek Mensesneg sekali pun Jokowi kalah.

"Jadi data itu hanya diberikan untuk membantah mobilisasi digambarkan kubu 02 itu, hanya isapan jempol," tandas Toni.

Gugatan Prabowo-Sandi

Tim hukum Prabowo-Sandi yang diketuai Bambang Widjojanto (tengah) mendaftarkan gugatan sengketa hasil Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat, (24/5/2019).Tim Hukum Prabowo-Sandiaga menilai ada kecurangan yang terstruktur, sistematis, dan masif. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno mendaftarkan permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat 24 Mei 2019 malam.

Permohonan dilayangkan Bambang Widjojanto sebagai Ketua Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi bersama angggotanya.

Dalam salinan surat permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 yang diterima Liputan6.com, terdapat 37 halaman yang membeberkan poin-poin dugaan kecurangan Pilpres 2019 yang dianggap terstruktur, sistematis, dan masif (TSM), baik sebelum, saat, maupun sesudah Pemilu 2019 berjalan.

Menurut kubu Prabowo-Sandi, tidak netralnya Polri terlihat saat Kapolsek Pasirwangi, Kabupaten Garut, AKP Sulman Aziz, yang mengaku diperintahkan untuk menggalang dukungan kepada paslon 01, Jokowi-Ma'ruf, oleh Kapolres Garut.

Perintah serupa juga diberikan kepada kapolsek lainnya di wilayah Garut. Dalam gugatan disebut, para kapolsek akan dimutasi jika paslon 01 kalah di wilayahnya.

Masih berdasarkan salinan, kubu Prabowo mengaku masih memiliki banyak bukti keberpihakan Polri. Namun akan diungkap dalam persidangan. Tak diungkap sekarang demi menjaga keamanan barang bukti.

BPN menilai modus penyalahgunaan wewenang lainnya adalah dengan menggerakkan birokrasi dan sumber daya BUMN untuk mendukung pemenangan paslon 01. Di sini juga tim BPN melampirkan bukti link berita untuk memperkuat gugatannya.

Dari 35 link berita yang dilampirkan sebagai bukti, di antaranya adalah berita Suara.com 10 April 2019 dengan judul 'Jokowi Mendapat Dukungan Saat Hadiri Silaturahmi Nasional Kepala Desa' sebagai bukti P-24, berita IDNNews.id 3 Maret 2019 dengan judul 'ASN Jangan Netral: Sampaikan Program Pak Jokowi' sebagai bukti P-27

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Dekati Pelatih Kedah FA untuk Gantikan Kolev?

Posted: 30 May 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Media Malaysia, BHarian, melaporkan pelatih peserta Liga Super Malaysia, Kedah FA, Aidil Shahrin, sedang didekati Persija Jakarta. Jika berita itu benar, arsitek tim asal Singapura itu bakal menggantikan Ivan Kolev.

Posisi Kolev dalam sorotan setelah Persija Jakarta hanya meraih satu poin dari dua partai awal Shopee Liga 1 2019. Di media sosial, warganet pun banyak yang memintanya untuk mundur. 

Aidil mengaku dihubungi oleh agen yang menyampaikan ketertarikan Persija kepadanya. Ia terkejut, namun tak ingin menanggapinya terlalu serius.

"Saya diberitahu agen tentang penawaran dari pihak Persija. Namun, saya menganggap hal itu sudah menjadi kebiasaan bagi setiap klub yang berencana untuk mendapatkan pelatih terbaik untuk tim," ujar Aidil dinukil dari BHarian.

Bak dejavu, Aidil juga pernah dikait-kaitkan dengan Persija sewaktu masih menangani Home United pada tahun lalu. Ketika itu, pelatih berusia 41 tahun ini sukses menyingkirkan tim ibu kota pada semifinal Piala AFC 2019 Zona ASEAN dengan agregat 6-3.

"Bahkan, saya juga menemukan beberapa tampilan di media sosial yang menginginkan manajemen Persija Jakarta mendatangkan saya setelah saya membawa Home United mengalahkan mengalahkan mereka dua kali musim lalu," kata Aidil.

Aidil relatif berhasil di tahun pertamanya membesut Kedah FA. Hingga pekan ke-15, tim berjulukan Kenari itu mampu dibawanya bertengger di peringkat ketiga lewat torehan 22 poin.

BHarian menyebut Aidil dijuluki sebagai 'Pep Guardiola-nya' Singapura lantaran torehannya sebagai pelatih muda. Semasa menangani Home United, arsitek kelahiran 9 Juli 1977 itu mampu membawa eks timnya ke babak final Piala AFC Zona ASEAN (2017) dan semifinal Piala AFC Inter Zona (2018).

Sumber: Berita Harian/Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPJSTK Raih Predikat WTP Tahun 2018

Posted: 30 May 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) kembali mencatatkan kinerja keuangan pada 2018. Berdasarkan hasil audit terhadap Laporan Keuangan tahun 2018 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) Mirawati Sensi Idris (member firm of Moore Stephens International Limited), telah diraih predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Audit atas Laporan Pengelolaan Program tahun 2018 oleh KAP Razikun Tarko Sunaryo juga meraih predikat asuransi sesuai dengan ("comply with") kriteria yang berlaku pada Peraturan Presiden Nomor 108 Tahun 2013.

Direktur Keuangan BPJSTK, Evi Afiatin, menyampaikan bahwa dari indikator utama kinerja BPJSTK dan Dana Jaminan Sosial (DJS) Ketenagakerjaan tahun 2018 yang digunakan untuk memberikan manfaat terbaik bagi peserta, telah tercapai diatas target yang telah ditetapkan.

Dalam hal cakupan perlindungan kepesertaan, sampai dengan akhir tahun 2018, sebanyak 50,57 juta pekerja telah terdaftar sebagai peserta BPJSTK, dengan 30,46 juta tenaga kerja peserta aktif dan 560,73 ribu pemberi kerja aktif. Sepanjang Tahun 2018, BPJS Ketenagakerjaan berhasil menghimpun iuran sebesar Rp65,1 Triliun.

Aset DJS yang dikelola BPJSTK meningkat 15% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi sebesar Rp359,4 Triliun. Jika ditambah dengan aset badan dari BPJSTK sebesar Rp14,9 Triliun, maka sampai dengan penghujung tahun 2018 secara total BPJSTK mengelola aset sebesar Rp374,3 Triliun.

Selanjutnya Evi memaparkan bahwa dari total aset tersebut sebesar Rp364,9 Triliun telah diinvestasikan dengan menghasilkan pendapatan investasi yang direalisasikan sebesar Rp27,3 Triliun untuk memberikan imbal hasil kepada peserta Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar 6,26% p.a. atau 1,07% lebih tinggi dari bunga deposito rata-rata perbankan pemerintah sebesar 5,19% p.a. Perlu diketahui hasil pengembangan investasi DJS di BPJSTK tersebut tidak dikenakan pajak, sedangkan bunga deposito di perbankan dikenakan pajak sebesar 20%.Dengan demikian imbal hasil JHT yang diterima peserta secara neto 2,11% lebih tinggi dari bunga deposito.

Dari sisi manfaat kepada peserta, selain memberikan imbal hasil investasi diatas rata-rata suku bunga deposito tersebut, sepanjang tahun 2018 BPJSTK telah membayarkan klaim atau pembayaran jaminan sebesar Rp27,6 Triliun kepada 2,16 juta peserta.

Sementara itu, tingkat kepuasan pelanggan BPJSTK tahun 2018 juga mengalami peningkatan berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh pihak independen yaitu sebesar 92,6% atau meningkat 1,9% dari tahun 2017 sebesar 90,71%.

Menurut Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, walau banyak tantangan dari lingkungan eksternal, seperti kondisi pasar modal yang kurang kondusif, BPJSTK tetap dapat menorehkan kinerja positif pada tahun 2018.

"Tantangan tahun 2018 cukup berat, seperti IHSG yang mengalami tekanan, sebagai dampak perang dagang Amerika dan China. Namun kami dapat menjalankan semua tugas yang diamanatkan kepada BPJSTK, baik dari sisi kepesertaan, pelayanan maupun pengelolaan dana. Pencapaian Indikator-indikator kesehatan keuangan DJS dan badan BPJSTK juga dalam kondisi baik, sesuai yang ditetapkan regulasi, bahkan aset DJS dan badan BPJS terus tumbuh", terang Agus

Agus menambahkan, hasil yang didapatkan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan buah kerja keras seluruh insan BPJSTK yang didukung oleh semua pihak. Agus berharap agar kinerja yang baik ini tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan. "Semua pihak terkait memiliki peran penting dalam membawa BPJS Ketenagakerjaan meraih pencapaian kinerja yang baik ini", ujar Agus.

Agus menuturkan, hal-hal positif yang terjadi sepanjang tahun 2018 turut mengantar BPJS Ketenagakerjaan mencapai kinerja diatas, seperti penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga dengan sistem pengendalian gratifikasi terbaik. Sebanyak 14 penghargaan lainnya juga diraih oleh BPJS Ketenagakerjaan dari berbagai lembaga, salah satunya yaitu penghargaan di bidang Sustainability Report tahun 2018 yang dianugerahkan oleh National Center of Sustainability Reporting (NCSR) tahun 2018.

Untuk memastikan tercapainya universal coverage, beberapa cara dilakukan BPJS ketenagakerjaan untuk melindungi para pekerja, baik sektor formal atau Penerima Upah (PU), informal atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU), pekerja rentan dan pekerja migran. Salah satu fokus dalam mencapai universal coverage adalah dengan meningkatkan cakupan kepesertaan pada sektor informal yang masih memiliki gap yang cukup besar dibanding sektor pekerja lainnya.

Sebelumnya pada tahun 2017 diluncurkan program Perisai (Penggerak Jaminan Sosial), yang hingga akhir Desember 2018 berhasil mengakuisisi sebanyak 407.320 pekerja dengan 4.688 Perisai, dari sebelumnya di tahun 2017 sebanyak 18.303 pekerja dengan 595 Perisai.

Sementara untuk Pekerja Migran Indonesian (PMI), hingga Desember 2018, BPJS Ketenagakerjaan telah memberikan perlindungan kepada 365.662 PMI baik yang telah ditempatkan di negara tujuan, maupun yang masih melakukan pelatihan di Indonesia.

Desa Sadar Jaminan Sosial juga menjadi salah satu faktor yang mendukung peningkatan awareness dan edukasi di benak masyarakat, dimana pada tahun 2018 BPJS Ketenagakerjaan mencanangkan 477 desa. Setiap desa tersebut memiliki komitmen untuk mengedukasi masyarakat dan memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para perangkat desa dan potensi pekerja lainnya di area desa masing-masing.

"Kami merupakan badan hukum publik yang mengutamakan pengelolaan dana yang bersih dan akuntabel. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari kantor akuntan yang independen merupakan indikasi bahwa pengelolaan keuangan telah dilakukan sesuai dengan standar akuntasi keuangan yang berlaku. Kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, semoga program perlindungan yang kami selenggarakan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi seluruh pekerja di Indonesia", pungkas Agus.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dianggap Gagal Soal KTT Hanoi, Korea Utara Eksekusi Sejumlah Pejabat Senior

Posted: 30 May 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Sebuah surat kabar Korea Selatan melaporkan pada Jumat 31 Mei 2019, Korea Utara telah mengeksekusi Kim Hyok-chol, utusan khusus Pyongyang untuk Amerika Serikat serta pejabat kementerian luar negeri yang melakukan negosiasi pada KTT AS-Korea Utara kedua pada Februari lalu. Mereka dihukum sebagai pertanggungjawaban atas kegagalan mereka.

"Kim Hyok-chol diselidiki dan dieksekusi di Bandara Mirim dengan empat pejabat kementerian luar negeri pada bulan Maret," kata sumber Korea Utara yang tidak disebutkan namanya, menurut surat kabar Negeri Ginseng Chosun Ilbo dikutip dari Channel News Asia pada Jumat (31/5/2019). Media itu menambahkan bahwa mereka dituduh melakukan mata-mata untuk Amerika Serikat.

Kim Hyok-chol telah menjadi lawan negosiasi dengan perwakilan khusus AS untuk Korea Utara Stephen Biegun sebelum pertemuan puncak.

Adapun Kim Jong-un diyakini melakukan eksekusi besar-besaran untuk mengalihkan perhatian dari kekacauan dan ketidakpuasan internal, kata surat kabar itu.

 

Hukuman Kerja Paksa

Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)

Sementara itu, Kim Yong-chol seorang pejabat senior yang pernah menjadi mitra Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menjelang pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Hanoi juga dilaporkan harus melakukan kerja paksa dan pendidikan ideologis.

Kim Yong-chol dipaksa bekerja di Provinsi Jagang setelah dipecat dari jabatannya, kata sumber itu, menambahkan bahwa Kim Song Hye, yang melakukan negosiasi tingkat kerja dengan Kim Hyok-chol, dikirim ke kamp penjara politik, Chosun melaporkan.

Shin Hye-yong, juru bahasa untuk Kim Jong-un pada pertemuan di Hanoi, juga dikatakan telah ditahan di kamp penjara politik, karena telah membuat kesalahan interpretasi yang bersifat kritis, Chosun melaporkan.

Sanksi Lain

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un melihat sebuah kentang saat mengunjungi pabrik produksi Samjiyon Potato Farina di Samjiyon County (30/10). (Photo by KCNA VIA KNS / KCNA VIA KNS / AFP)

Kim Yo-jong, saudara perempuan Kim Jong-un yang membantunya di Hanoi, juga disinyalir akan mendapatkan sanksi tertentu karena tindakannya.

Surat kabar pemerintah Korea Utara, Rodong Sinmun mengatakan dalam komentarnya pada hari Kamis bahwa "Bertingkah seperti seseorang menghormati pemimpin di depan (orang lain) tetapi memimpikan hal lain ketika seseorang berbalik, adalah tindakan anti-Partai, anti-revolusioner yang berlawanan dengan kesetiaan moral kepada pemimpin, dan orang-orang semacam itu tidak akan menghindari hukuman keras revolusi," yang seolah ditujukan untuk Kim Yo-jong.

Ungkapan "anti-partai" dan "anti-revolusioner" itu pertama kali digunakan kembali sejak eksekusi Jong Song-thaek, paman Kim Jong-un pada Desember 2013, kata Chosun Ilbo.

Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Korea Selatan menolak berkomentar terkait laporan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Noor Athalia, Putri Raul Lemos yang Beranjak Dewasa

Posted: 30 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi kondang Krisdayanti beberapa waktu lalu menceritakan tentang putrinya yang berpuasa sehari penuh. Ariannha Amora Lemos berhasil untuk menjalankan ibadah puasa meski baru berusia 7 tahun. Sontak banyak orang yang kagum dengan pencapaian putri dari hasil pernikahan Krisdayanti dan Raul Lemos itu.

Selain Ariannha Amora Lemos, salah satu putri Raul Lemos juga mencuri perhatian. Ialah Noor Athalia, gadis cantik yang kini tengah beranjak dewasa. Noor Athalia mungkin saja hanya putri tiri Krisdayanti, namun dalam beberapa kesempatan, keduanya seringkali terlihat bersama.

Seperti diketahui, pasangan Krisdayanti dan Raul Lemos menikah pada tahun 2011 silam. Sejak saat itu, Krisdayanti harus rela bolak balik Jakarta-Dili demi membagi waktu karier dan rumah tangganya. Kendati demikian, Krisdayanti tetap bisa berbaur dengan anak-anak tirinya.

Noor Athalia sendiri adalah putri ke-empat Raul Lemos dan mantan istrinya, Shechah Sagran. Kini, dirinya tumbuh menjadi sosok yang modis. Melalui akun Instagram pribadinya, @athalia_03, Athalia kerap membagikan kesehariannya.

Penasaran bukan? Selengkapnya, simak 7 potret Noor Athalia yang beranjak dewasa, seperti Liputan6.com himpun dari Instagram pribadinya, Jumat (31/5/2019).

1. Gaya modis Athalia dalam balutan dress sederhana dan bunga yang disematkan di telinganya.

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/athalia_03)

2. Cantiknya Noor Athalia effortless banget, bukan?

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/athalia_03)

3. Bak remaja pada umumnya, Athalia juga suka nongkrong.

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/athalia_03)

4. Segarnya air kelapa muda tetap kalah dengan keceriaan Athalia.

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/athalia_03)

5. Athalia bergaya bak foto model profesional.

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/athalia_03)

6. Athalia tampil sederhana ketika tengah makan di luar.

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/athalia_03)

7. Kompaknya Athalia bersama kakak kandung dan kedua adik tirinya.

Potret Noor Athalia putri Raul Lemos (Sumber: Instagram/dillahdaesslow_5500)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Syukuri Nikmat Allah Walau Sedikit

Posted: 30 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menurut Quraish Shihab, salah satu bentuk nikmat Allah kepada manusia adalah menganugerahi apa yang mencukupi kebutuhannya dan menghalanginya memperoleh apa yang menjerumuskannya.

"Oleh karena itu, syukurilah anugerahnya walau terasa sedikit. Karena di balik itu ada nikmat lain yang dianugerahkannya. Misalnya nikmat terhindar dari bencana," ujar Quraish.

Quraish memaparkan, banyak yang geram karena harapannya luput, namun kemudian dia bersyukur karena rupanya ia jadi terhindar dari bencana.

Ada orang berkata, "Aku dulu menangis karena kecewa harapanku hilang, tetapi kemudian tersadar. Dibalik hilangnya harapan ada anugerah yang tak terlupakan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final Liga Champions: Lloris Ingin Persembahkan Gelar untuk Pochettino

Posted: 30 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Hugo Lloris menyebut Tottenham Hotspur sangat ingin juara Liga Champions musim ini. Selain untuk fans, gelar ini juga dipersembahkan untuk manajernya, Mauricio Pochettino.

Tottenham secara mengejutkan lolos ke final Liga Champions musim ini. Padahal mereka sama sekali tidak membeli pemain pada dua bursa transfer sebelumnya.

Di laga final Liga Champions, Tottenham akan menantang Liverpool. Duel ini bakal digelar akhir pekan nanti di Stadion Wanda Metropolitano, markas Atletico Madrid.

"Kami punya kesempatan fantastis di Liga Champions, yakni menjuarainya. Liga Champions merupakan trofi terbesar yang bisa Anda menangkan," kata Lloris seperti dilansir Evening Standard.

"Kemenangan bakal lebih berarti jika Anda punya hubungan yang kuat dengan pemain lain dan manajer. Jadi kami semakin termotivasi juara Liga Champions."

 

 

Bantah Pensiun Dini

Kiper Tottenham Hotspur, Hugo Lloris berbincang dengan Pelatih Mauricio Pochettino selama latihan tim di Amsterdam, Belanda  (7/5/2019). Pada leg pertama Tottenham takluk 0-1 atas Ajax di Tottenham Hotspur Stadium. (AFP Photo/Emmanuel Dunand)

Lloris baru berusia 33 tahun. Kontraknya di Tottenham juga masih berlaku hingga 2022.

Namun ada yang menyebut dia akan pensiun dini. Apalagi jika dia juara Liga Champions.

"Piala Dunia dan Liga Champions merupakan dua trofi yang sangat besar. Namun masih banyak tantangan lain di dunia sepak bola, dan pensiun belum ada dalam pikiran saya."

Jadwal Liga Champions

Jadwal final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019

02.00 WIB

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Venue: Wanda Metropolitano, Madrid

Live di RCTI

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Polisi Ingatkan Warga Agar Tertib Lalu Lintas Ini Kocak Banget

Posted: 30 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sering dijumpai kata-kata imbauan di jalan yang gunanya untuk memperingatkan pengendara lebih hati-hati dan waspada. Biasanya kata-kata imbauan ini dicetak dalam bentuk banner maupun sampai baliho yang besar agar mudah dibaca oleh pengguna jalan.

Namun kini, peringatan untuk tertib lalu lintas ini ternyata menggunakan bahasa yang cukup kocak dan tidak melulu memakai bahasa yang kaku. Karena menggunakan bahasa lucu inilah sering kali mengundang tawa para pengguna jalan yang membacanya.

Seperti yang diunggah oleh akun Twitter @veronika_jemmy yang menjadi ramai di media sosial tersebut. Beberapa kata-kata imbauan untuk pengguna jalan selama musim mudik ini kocak banget.

Berikut cara polisi ingatkan warga agar tertib lalu lintas di jalan yang Liputan6.com rangkum dari @veronika_jemmy, Jumat (31/5/2019).

Selalu ingat kata adek

1. Lelah adek bang

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

2. Adek minta pelan-pelan

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

Jomblo terhormat dan belum menikah harus baca

3. Jomblo terhormat

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

4. Selalu ingat kalau belum menikah

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

Mengingatkan akan kematian

5. Melawan arus bisa sebabkan kematian

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

6. Para penggali kubur sudah mudik lebaran

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

Rumah sakit jauh dan pertanyaan Tuhan

7. Rumah sakit jauh

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

8. Chatting terakhir sama siapa?

Rambu lalu lintas lucu (Sumber: Twitter/veronika_jemmy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Mudik Melalui Jalur Tol yang Panjang

Posted: 30 May 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik Lebaran menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H mulai bergulir. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat total 186.602 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan pada H-7 Lebaran atau pada Rabu (29/05).

Rifat Sungkar selaku pendiri Rifat Drive Labs menyebut, arus mudik tahun ini ada banyak keuntungan, salah satunya banyak infrastruktur yang berkembang.

Ya, Tol Trans Jawa yang telah beroperasi menjadi opsi untuk mempercepat para pemudik untuk sampai ke kampung halaman. Hanya saja, tarif yang relatif tinggi bagi sebagian masyarakat dianggap memberatkan.

"Jadi kalau ada banyaknya protes yang berkembang mengenai mahalnya (tarif) tol, tolong dilihat dari sisi lain seperti penghematan yang bisa dilakukan tentang bahan bakar dan waktu tempuh yang tidak bisa dihargai pakai uang," ujar Rifat kepada Liputan6.com, Jumat (31/5/2019).

Karena tarif yang tinggi, pereli nasional yang juga brand ambassador Mitsubishi di Indonesia itu menghimbau agar para pemudik memperhatikan isi saldo e-money atau uang elektronik.

"Soal Toll lagi, jangan sampai jadi masalah baru. Yang pasti perhatikan isi saldo, jangan sampai kurang. Dan jangan sering berhenti karena semakin sering berhenti semakin besar pula potensi membuat penuh di rest area," katanya.

 

Peka Terhadap Informasi

Dirinya juga menyarankan agar para pemudik lebih peka terhadap informasi terkait arus mudik baik dari kepolisian maupun operator jalan tol yang disampaikan melalui berbagai media.

Salah satu informasi yang perlu dipantau adalah rekayasa lalu lintas one way Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek yang diberlakukan atas diskresi Kepolisian.

"Pantau juga tentang peluang positif untuk mudik yang lebih cepat dengan memanfaatkan sistem buka tutup atau ganjil-genap di jam-jam tertentu dengan titik-titik kilometer yang berpotensi besar terjadi bottle neck kemacetan yang akan dilewati," tutup Rifat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

H-5 Lebaran, Pemudik dari Jakarta Mulai Padati Tol Boyolali-Solo

Posted: 30 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan ribu kendaraan pribadi mulai meninggalkan Jakarta sejak Rabu 29 Mei atau H-7 arus mudik Lebaran 2019. Saat ini, pemudik dari Jakarta yang menggunakan kendaraan pribadi mulai memadati ruas Tol Boyolali-Solo, Jumat (31/5/2019) atau H-5 Lebaran 2019.

Seperti dilansir Antara, arus lalu lintas pemudik di kawasan Kota Boyolali, Jawa Tengah masih terpantau lengang. Namun kepadatan lalu lintas yang didominasi kendaraan bernopol B (Jakarta) mulai terlihat di ruas tol.

Untuk area peristirahatan di ruas tol tersebut terdapat di KM 487. Namun selama arus mudik Lebaran 2019, rest area di kawasan tersebut masih dioperasikan secara darurat.

Beberapa fasilitas yang disediakan di area peristirahatan tersebut, antara lain musala, posko kesehatan, posko istirahat, kios Pertamina, dan SPBU mini atau mobile dispenser.

Area peristirahatan tersebut mulai dipenuhi kendaraan roda empat. Dua lajur tol di sekitar lokasi yang seharusnya bisa dilalui kendaraan, tidak dapat berfungsi optimal lantaran satu lajur digunakan untuk parkir kendaraan yang beristirahat.

Lalu lintas arus mudik di sekitar rest area juga tersendat lantaran terdampak antrean kendaraan yang hendak mengisi BBM.

 

Jalur Arteri Ramai Lancar

Pemudik melintasi Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (21/6). Kondisi Jalur Pantura saat H-4 Lebaran masih terlihat lancar dan diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada Kamis - Jumat (H-3/-2 Lebaran) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara di Gerbang Tol Colomadu belum terlihat penumpukan kendaraan. Tampak dua gardu eksisting difungsikan dan enam gardu satelit yang sudah terpasang ke arah keluar tol. Namun baru tiga gardu satelit yang dioperasionalkan.

Untuk memastikan kelancaran pembayaran di gerbang tol, terlihat para petugas PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) berjaga-jaga di setiap gardu pembayaran.

Menuju ke jalan arteri, arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Di pertigaan Colomadu, Kartasura mulai terlihat kemacetan sepanjang 100 meter yang didominasi oleh kendaraan roda empat.

Sedangkan di pertigaan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, jalan masih ramai lancar baik menuju Klaten dan Yogyakarta maupun Solo.

Pada kesempatan sebelumnya, Direktur Utama PT JSN Ari Wibowo mengatakan telah membentuk Satgas Lebaran yang bertugas mulai H-7 hingga H+7 Lebaran 2019.

"Fokus di satgas adalah mengoordinasikan antrean di gerbang tol dan memastikan penggunaan fasilitas di rest area, karena rest area ini kan bukan kami yang mengelola tetapi Jasamarga Properti," katanya.

Selain itu, JSN juga akan menambah petugas tol yang terjun ke lapangan. Jika pada hari normal hanya 50 petugas di lapangan, pada arus mudik Lebaran 2019 jumlahnya ditambah menjadi 100 petugas.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alis Terbaru Kristen Stewart Bikin Heboh, Apa yang Terjadi?

Posted: 30 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan nyentrik aktris Kristen Stewart selalu sukses mencuri perhatian khalayak luas. Salah satu momen yang tengah hangat dibicarakan ketika ia hadir dalam Chanel Metiers d'Art runway show di Korea Selatan pada Selasa, 28 Mei 2019.

Kehadiran Kristen Stewart seketika membuat heboh karena alis terbarunya. Melansir People, Jumat (31/5/2019), saat berpose di karpet merah, aktris berusia 29 tahun ini memamerkan alisnya yang telah di-bleaching.

Tampilan unik pemain film Twilight tersebut semakin ditekankan dengan riasan mata yang dramatis serta potongan rambut pixie yang terlihat serasi dengan sentuhan bleach blonde highlight.

Kristen mengenakan eyeliner hijau neon tebal di kelopak mata. Kesan dramatis terlihat dari polesan riasan mata yang lebih gelap yang kerap menjadi andalannya yakni smokey eye.

Pada acara bergengsi ini, Kristen Stewart tampil dalam balutan kemeja putih tipis yang dipadukan dengan celana pendek high-waisted kulit warna hitam, sekaligus sepatu bot hitam.

Penampilan Nyentrik Kristen Stewart

Kristen Stewart tampil dengan rambut berwarna oranye saat menghadiri Met Gala 2019 bertema Camp: Notes on Fashion di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin (6/5/2019). (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Kristen Stewart juga melengkapi penampilan dengan deretan aksesori seperti kalung dan gelang rantai berlapis, beberapa cincin, tas cross-body hingga cat kuku neon merah muda dan oranye.

Sebelumnya, Kristen juga tampil berani di Met Gala dengan memamerkan alis oranye. Kemudian, ia kembali lagi bikin heboh dengan memutuskan untuk bergaya tak biasa dengan alis yang di-bleaching.

Kala itu, ia memakai busana dengan sentuhan hitam putih dan memilih atasan berpayet hitam lengan panjang dan celana oversized berpayet putih serta mengenakan sepatu platform.

Serupa seperti penampilan di Korea Selatan, saat di Met Gala, Kristen Stewart juga mengenakan kalung berlapis, memakai ikat pinggang Chanel serta kuku-kuku tangan yang dipoles cat kuku warna merah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiap Menit 100 Kendaraan Mudik Melintas di Arteri Pantura Cirebon

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Jumlah pemudik yang melintas ke jalur arteri Pantura Cirebon terus meningkat. Polresta Cirebon mencatat 100 kendaraan melintas setiap satu menit di sepanjang Pantura Kota Cirebon.

Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy mengatakan, wilayah Pantura Cirebon menjadi titik lelah para pemudik dari Jakarta. Dia mengaku sempat berbincang dengan pemudik yang akan pulang ke Jawa Timur bahkan Bali.

"Cirebon juga jadi tempat yang dianggap tepat bagi pemudik istirahat karena banyak pusat keramaian jadi yang singgah di sepanjang arteri bahkan ke dalam kota juga ada," kata Roland kepada Liputan6.com, Jumat (31/5/2019).

Lonjakan kendaraan yang meningkat di arteri Pantura Cirebon merupakan imbas dari penetapan sistem satu arah atau one way.

Sejak diberlakukan sistem satu arah, sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat memadati jalur arteri pantura. Baik dari Jakarta ke arah Jawa Tengah maupun sebaliknya.

Bahkan, sempat terjadi penumpukan kendaraan dari arah Jawa Tengah ke Jakarta. Ekor kendaraan padat dari jalan Pemuda hingga Kalijaga Kota Cirebon.

Selain itu, kepadatan di jalur arah ke Jakarta juga imbas dari aktivitas pengendara yang memadati jalan Tengah Tani. Jalan itu menjadi salah satu pusat keramaian karena banyak toko oleh-oleh dan warung kuliner khas Cirebon.

"Bahkan sejak Kamis siang kemarin dari arah Jawa Tengah yang padat sehingga kami harus lakukan rekayasa lalu lintas agar kendaraan mengurai tidak menumpuk," kata dia.

Puncak Arus Mudik

Sejumlah kendaraan dari arah jawa tengah memadati Arteri Pantura Cirebon buntut dari penerapan sistem satu arah di tol. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Roland mengatakan, Jumat dan Sabtu ini diprediksi menjadi puncak arus mudik 2019. Sejumlah PNS masih ada yang bekerja. Bahkan, kata dia, Sabtu PNS wajib mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni 2019.

"Baru setelah itu mungkin mereka PNS langsung pergi mudik," kata Roland.

Dalam mengawal kelancaran arus mudik 2019, Polresta Cirebon menggelar kegiatan kecil yang unik dan berkesan. Mulai dari membagikan takjil sampai permen dan masker di lampu merah Terminal Harjamukti Cirebon.

"Bersama komunitas cinta Cirebon dan petugas gabungan membuat pemudik nyaman deh," kata Roland.

Dia mengatakan, kegiatan kecil di sela aktivitas mudik tersebut merupakan bagian dari upaya mendekatkan diri kepada masyarakat.

Dari kegiatan tersebut, diharapkan pengendara merasa aman dan nyaman. Sehingga bisa berkonsentrasi untuk tetap melanjutkan perjalanan mereka ke kampung halaman.

"Kita buat rileks bercanda dengan pemudik di lampu merah agar tidak mengantuk," kata dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menperin: Industri di RI Berkembang Pesat dalam 10 Tahun Terakhir

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, sektor industri di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam 10 tahun terakhir.

Bahkan, World Bank menempatkan industri manufaktur Indonesia sebagai negara peringkat kelima di negara-negara G-20.

Airlangga Hartarto menyampaikan hal itu dalam pertemuan 25 Tahun konferensi internasional, The Future of Asia di Tokyo Jepang, Kamis 30 Mei 2019.

Pertemuan ini dihadiri sejumlah pemimpin politik, ekonomi dan akademik dari wilayah Asia. Beberapa presiden dan perdana menteri juga hadir, dari Myanmar, Kamboja, Filipina.

"Dari data terakhir, industri manufaktur Indonesia menyumbang 20 persen ke GDP pada quarter pertama tahun ini. Dengan raihan itu, World Bank menjelaskan bahwa Indonesia berada di peringkat kelima negara-negara G-20, yang berarti hampir sama dengan Jerman dimana kontribusi manufakturnya sebesar 20,6 persen," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Di depan para pemimpin politik dan ekonomi di wilayah Asia, Airlangga banyak menyampaikan soal perkembangan industri di Indonesia.

"Kita berbicara bagaimana Indonesia saat ini yang berbeda 10 tahun lalu. Bagaimana peningkatan ekspor komoditas sepanjang 5 tahun terakhir, yang mana Indonesia fokus ekspor manufaktur bernilai tambah tinggi. Kita bicara bagaimana Indonesia menarik lebih banyak investasi dengan kebijakan tax holiday yang agresif," kata dia.

 

Nilai Investasi

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Airlangga menyebut, banyak perusahaan menanamkan modalnya untuk berinvestasi mulai USD 30 juta hingga USD 2 miliar sepanjang 5 tahun-20 tahun. 

Pada tahun-tahun mendatang, tentu akan semakin besar dengan diberikan inisiatif kebijakan fiskal, yang lebih longgar dalam pertumbuhan ekonomi.   

"Sebagai salah satu tujuan investasi dunia, Indonesia semakin dekat untuk menjadi pusat manufaktur Asean. Kita juga bicara bagaimana menjadi salah satu wilayah basis produksi untuk produsen global, dengan menciptakan iklim investasi yang positif dan insentif yang kuat untuk bisnis," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga mengungkapkan, Indonesia telah menggelar pesta demokrasi yang dibuktikan jika Indonesia yang merupakan negara muslim terbesar di dunia, mampu merangkum Islam dan demokrasi dengan politik yang stabil, dan kondisi sosial masyarakat yang tetap optimis di masa depan.

"Presiden Joko Widodo telah menang pemilu. Ini adalah cerminan dari kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah saat ini. Ini juga merupakan tanda bahwa Indonesia sudah berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan pembangunan," tandas dia.  ‎

Kembangkan SDM, Pemerintah Siapkan Insentif bagi Pelaku Industri

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meluncurkan Paket Kebijakan Ekomomi XVI di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/11). Peluncuran ini juga dihadiri Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkeu Sri Mulyani. (Liputan6.com/AnggaYuniar)

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan insentif super deductible tax bagi para pelaku industri. Dengan adanya insentif ini diharapkan pelaku industri dapat terdorong untuk terlibat dalam kegiatan pengembangan SUmber Daya Manusia (SDM) berupa pendidikan dan pelatihan vokasi serta aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan.

Fasilitas ini diyakini bakal menciptakan tenaga kerja industri yang kompeten serta menghasilkan inovasi produk. Selain itu, pengembangan SDM merupakan salah satu momentum Indonesia untuk mengambil peluang dengan adanya bonus demografi hingga 2030.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, regulasi tersebut nantinya tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP). Aturan ini berlaku apabila perusahaan bekerja sama dengan SMK, dengan memberikan pelatihan dan pembinaan vokasi serta penyediaan alat industri hingga kegiatan pemagangan.

"Misalnya, perusahaan menghabiskan biaya Rp 1 miliar, maka pemerintah akan memberikan pengurangan terhadap penghasilan kena pajak sebesar Rp 2 miliar kepada perusahaan tersebut dalam periode tertentu," jelas Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis, 2 Mei 2019.

Menperin pun meyakini, program penyediaan tenaga kerja yang kompeten menjadi magnet bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dalam hal ini, Kemenperinmemfasilitasi pembangunan politeknik dan akademi komunitas di kawasan industri. "Tumbuhnya industri juga akan menambah lapangan kerja. Ini yang dapat mendorong perekonomian nasional," terangnya.

 

Investasi Industri Manufaktur Terus Meningkat

Mau Kerja di Industri Manufaktur? Cek Lowongan Di Sini

Kemenperin mencatat, investasi di sektor industri manufaktur pada tahun 2014 sebesar Rp 195,74 triliun, naik menjadi Rp 226,18 triliun di tahun 2018. Serapan tenaga kerja di sektor industri juga ikut meningkat, yakni dari 15,54 juta orang pada tahun 2015 menjadi 18 juta orang di tahun 2018 atau naik 17,4 persen.

Melalui program-program strategis yang sedang dijalankan, Kemenperin optimistis memasang target pertumbuhan industri nonmigas sebesar 5,4 persen pada tahun 2019.

Adapun sektor-sektor yang diproyeksikan tumbuh tinggi, di antaranya industri makanan dan minuman (9,86 persen), permesinan (7 persen), tekstil dan pakaian jadi (5,61 persen), serta kulit barang dari kulit dan alas kaki (5,40 persen).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlebihan Konsumsi Herbal Ini Bisa Berbahaya

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apapun yang berlebihan tidak akan bagus. Termasuk saat mengonsumsi produk herbal karena bisa memiliki efek samping yang berbahaya.

Itu berdasarkan hasil penelitian yang tercantum dalam Canadian Medical Association Journal. Selain itu, seorang pria berusia 84 tahun di Kanada harus masuk rumah saki akibat tekanan darah tinggi setelah terlalu banyak mengonsumsi teh buatan rumah dari akar licorice.

Tekanan darahnya sangat meningkat, dan ia menderita sakit kepala, sensitivitas cahaya, nyeri dada, kelelahan dan retensi cairan di betis, kata penelitian itu.

Setelah dirawat di rumah sakit, pasien yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi itu mengatakan kepada dokter kalau ia setiap hari minum 1-2 gelas larutan herbal buatan sendiri. Herbal tersebut berupa ekstrak akar licorice yang disebut "erk sous". Pria tersebut meminumnya selama dua minggu terakhir.

"Berlebihan pada beberapa produk herbal bisa memiliki efek samping berbahaya," kata Jean-Pierre Falet dari McGill University di Kanada mengutip TheHealthSite.

 

Meningkatkan tekanan darah

Menurut Falet, produk yang mengandung ekstrak akar licorice bisa meningkatkan tekanan darah yang menyebabkan sakit kepala dan nyeri dada.

"Produk yang mengandung ekstrak akar licorice dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan retensi air dan menurunkan kadar kalium jika dikonsumsi berlebihan," kata Falet.

Teh licorice populer di Timur Tengah dan beberapa negara bagian Eropa, dan erk sous sangat populer di Mesir selama bulan Ramadhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Tottenham Ungkap Alasan Tolak MU

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Lucas Moura membeberkan alasannya sempat menolak MU beberapa musim lalu. Ternyata pemain Tottenham itu menolak bukan karena uang yang terlalu kecil.

MU sempat naksir pada Moura pada tahun 2015. Saat itu Moura masih membela Sao Paulo.

Bahkan misi mengejar Moura diungkapkan oleh manajer legendaris MU, Alex Ferguson dalam bukunya. Ia menyebut Moura merupakan sayap yang sangat berbakat.

"Kami memberikan tawaran padanya 24 juta pound. Lalu meningkat lagi menjadi 30 dan 35 juta pound tetapi tetap ditolak," kata Ferguson seperti dilansir Manchester Evening News.

"Tiba-tiba PSG datang dan menawarinya uang 45 juta pound. Dan saya pikir MU tidak siap untuk menyainginya," kata Ferguson menambahkan.

 

 

Gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen berselebrasi dengan Lucas Moura usai menang atas Ajax Amsterdam pada laga kedua semifinalLiga Champions di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Tottenham secara dramatis merebut tiket final Liga Champions setelah menaklukkan Ajax 3-2. (AP/Peter Dejong)

Moura pun akhirnya buka suara soal cerita transfernya. Rupanya pada Januari 2018 ia juga nyaris pindah ke MU setelah tiga tahun membela PSG.

"Ya, saya juga nyaris ke sana lagi, namun MU hanya ingin meminjam. Padahal saya tak mau lagi kembali ke PSG," ujar Moura.

"Setelahnya saya ke markas Tottenham dan bertemu manajer. Langsung saya bilang kalau ingin bergabung ke klub ini," ujarnya menambahkan.

Jadwal Liga Champions

Jadwal final Liga Champions

Minggu, 2 Juni 2019

02.00 WIB

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Venue: Wanda Metropolitano, Madrid

Live di RCTI

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Tips Mudik Nyeleneh ala Cak Lontong

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mudik menjadi salah satu tradisi yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tentu momen berkumpul bersama keluarga di kampung halaman saat lebaran menjadi saat yang ditunggu-tunggu.

Sebelum pergi mudik ada baiknya kalian memperhatikan berbagai hal ya. Oleh karena itu ada begitu banyak tips-tips mudik yang sebaiknya kalian ikuti. Namun berbeda dengan tips mudik ala Cak Lontong ini. Bukannya member masukan, deretan tips tersebut nampaknya justru bikin kita tak habis pikir dibuatnya.

Artikel tentang deretan tips mudik nyeleneh ala Cak Lontong menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang pantun-pantun lucu edisi Ramadan.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang soal Matematika yang baru-baru ini viral di media sosial.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 8 Tips Mudik Nyeleneh ala Cak Lontong, Bikin Mikir Berkali-kali

foto: twitter/@ahmadrifaisrgr

Tak terasa dalam waktu dekat kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Sebulan penuh kita juga telah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Kini saatnya merayakan hari kemenangan bersama dengan sanak saudara.

Bagi para perantau, momen lebaran juga dimanfaatkan untuk kembali ke kampung halaman. Oleh karena itu, dari jauh-jauh hari mereka telah mempersiapkan diri untuk mudik. Momen mudik nampaknya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu banyak orang.

Selengkapnya…

2. Deretan Pantun Lucu Edisi Ramadan, Bikin Semangat Puasa

pantun puasa (foto: twitter)

Tak terasa bulan Ramadan akan segera berakhir. Tentu ada banyak hal yang akan dirindukan dari bulan suci ini. Mulai dari momen sahur, buka puasa bersama hingga tarawih.

Ya, memang ada banyak hal seru yang hanya bisa kita lakukan di bulan Ramadan. Maka dari itu, jangan sampai kalian lewatkan kesempatan ini untuk berbagi ucapan yang dapat menghibur orang lain seperti pantun yang mengocok perut.

Selengkapnya…

3. Jadi Perdebatan di Media Sosial, Kalian Bisa Jawab Soal Matematika Ini?

soal mtk (foto: twitter/@midiahn)

Matematika bisa menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap cukup sulit oleh sebagian besar murid. Pasalnya tak jarang orang yang dibuat pusing ketika harus mengerjakan soal-soal tersebut.

Terlebih lagi banyak teka-teki pada soal Matematika yang sulit untuk dipecahkan. Ya, kalian tentu sering melihat soal teka teki Matematika yang bikin kita mengernyitkan dahi. Contohnya seperti soal matematika yang baru-baru ini jadi perdebatan di media sosial. Dikutip dari akun Twitter @midiahn, soal itu membahas pengurangan uang senilai Rp50 ribu.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Perbandingan Redmi K20 dan Redmi K20 Pro Bikin Penasaran

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perbandingan antara Redmi K20 dengan Redmi K20 Pro bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (30/5/2019) kemarin.

Berita lain yang tak kalah populer datang dari tagar #kenaikanisaalmasih yang memuncaki trending topic di Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Perbedaan Redmi K20 dan Redmi K20 Pro, Apa Saja?

Redmi baru saja melepas dua model smartphone terbarunya, yakni Redmi K20 dan Redmi K20 Pro. Penggunaan nama tersebut jelas menandakan kedua smartphone hadir dengan spesifikasi yang berbeda.

Untuk mengetahui seperti apa perbedaan dari Redmi K20 dan Redmi K20 Pro, Tekno Liputan6.com akan mengupas secara singkat mengenai spesifikasi masing-masing smartphone.

Perbedaan mendasar adalah chipset yang digunakan di masing-masing model. Redmi K20 Pro menggunakan chipset Snapdragon 855, sedangkan Redmi K20 memakai Snapdragon 730.

Baca selengkapnya di sini 

2. Tagar Kenaikan Isa Almasih Puncaki Trending Topic Twitter

Tepat pada hari ini, Kamis (30/5/2010), umat Kristiani di seluruh dunia ramai-ramai menebarkan pesan damai dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Almasih.

Menurut kepercayaan Nasrani, pada hari ini Yesus diangkat oleh Tuhan dari dunia ini menuju surga.

Dalam ajarannya, Yesus selalu menyebarkan pesan perdamaian dan agar pengikutnya mengampuni musuh-musuhnya, atau yang dikenal dengan istilah bila ditampar pipi kanan, maka berilah pipi kiri.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Cegah Pelecehan Seksual, Kepolisian Tokyo Kembangkan Aplikasi Digi Police

Umat Kristiani tiba di Gereja Katedral untuk mengikuti ibadah misa kenaikan Yesus Kristus atau Kenaikan Isa Almasih, Jakarta, Kamis (14/5/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pelecehan seksual bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Kalau tidak bisa melindungi diri, siap-siap saja selalu merasa khawatir.

Kepolisian Tokyo berusaha mencegah hal ini dengan mengembangkan sebuah aplikasi ponsel pintar yang bisa membantu para perempuan Jepang untuk melindungi diri dari para pelaku pelecehan saat berada di dalam kereta terutama saat jam sibuk.

Aplikasi bernama Digi Police tersebut diluncurkan tiga tahun yang lalu, tapi baru dikembangkan lebih canggih sekarang, seperti yang dikutip Tekno Liputan6.com dari Asahi News, Kamis (30/5/2019).

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Ditegur MUI, Raffi Ahmad Berjanji Bakal Berbenah Diri

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raffi Ahmad baru-baru ini mendapat teguran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) karena dinilai berkelakuan tidak pantas dalam acara Pesbukers. 

Atas teguran ini, Raffi Ahmad pun langsung mengucapkan permohonan maaf. "Saya mewakili teman-teman ANTV dan artis ingin meminta maaf bilamana kita sebenarnya tidak berniat untuk melakukan hal yang tidak berkenan," kata Raffi Ahmad di kantor MUI, Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Tak hanya itu, ia berjanji bakal mengubah sikap. Ayah satu anak ini menganggap teguran MUI sebagai bahan pelajaran agar ke depan agar ia bisa menjadi pribadi yang baik.

"Teguran ini pasti ada hikmahnya, bukan buat saya saja tapi buat semua. Kita nggak mungkin bikin sesuatu yang nyeleneh. Jadi kita berbenah diri mulai dari sekarang," kata Raffi di kantor MUI, Jakarta, Kamis 30 Mei 2019.

Raffi Ahmad juga mengatakan Pesbukers akan tetap tayang, tapi melibatkan pihak MUI.

"Ke depannya untuk program, tiga bulan atau empat bulan sebelumnya mulai ada dialog bersama MUI biar enggak satu arah," tuturnya.

Riskan

Raffi Ahmad

Raffi Ahmad mengaku tidak kaget dengan teguran MUI kepada Pesbukers. Dia menyadari dalam tayangan live ada risiko kesalahan yang terjadi.

"Kaget enggak kaget, acara live seperti ini memang riskan. Kalau bisa kita meminimalisir. Kan kita enggak luput dari kesalahan. Ke depannya kita berjanji akan lebih baik lagi," ucapnya.

(Nur Ulfa/ Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seru, Mudik sambil Melintasi Kawasan Gajah Liar

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para pemudik yang akan melintasi jalur Tol Trans Sumatera di sepanjang Pekanbaru-Dumai akan melintasi lima kawasan perlintasan gajah liar. Guna menyelamatkan hewan ini, akan dibangun lima underpass untuk perlintasan gajah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlibat Kasus, Enam Selebritas ini Habiskan Ramadan di Balik Jeruji Besi

Posted: 30 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan menjadi momen yang tepat untuk beribadah dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Berbagi momen spesial selama Ramadan merupakan hal yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Namun, hal itu tak berlaku bagi beberapa selebritas Tanah Air. Pasalnya, mereka harus menghabiskan Ramadan tahun ini di balik jeruji besi akibat terjerat kasus narkoba, prostisusi, hingga ujaran kebencian.

Dilansir kapanlagi.com, salah satu dari deretan selebritas yang terpaksa mendekam di penjara adalah Ahmad Dhani dan Vanessa Angel. Kasus kedua artis tersebut memang cukup kontroversial di Tanah Air. Selain keduanya, ada beberapa artis lain yang bernasib sama, siapa saja mereka?

1. Roro Fitria

Ramadan 2019 menjadi bulan Ramadan kedua yang dilewati Roro Fitria di dalam penjara. Hal ini tentu saja menjadi cobaan berat bagi Roro, ditambah duka mendalam masih menyelimutinya setelah meninggalnya sang ibu pada 15 Oktober 2018. Kini ia harus menghabiskan Ramadan tanpa kehadiran sosok ibu yang selalu mengunjunginya.

Roro ditangkap oleh Polda Metro Jaya pada Februari 2018 akibat terjerat kasus narkoba. Ia divonis empat tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

Sandy Tumiwa

Meski kalah dalam terkait hak asuh, Sandy tetap menjalankan berkewajibannya untuk memberikan nafkah pada anak-anaknya. Hal itu dikatakan kuasa hukumnya. (Adrian Putra/Bintang.com)

2. Sandy Tumiwa

Sama dengan Roro Fitria, mantan suami Tessa Kaunang ini juga terdaftar sebagai deretan selebritas yang terjerat kasus narkoba. Ia ditangkap di sebuah hotel kawasan Jakarta selatan pada Maret 2019. Dari hasil penangkapan tersebut, sabu seberat 0,24 gram disita dari tangan Sandy.

Ramadan kali ini menjadi Ramadan pertama yang ia habiskan tanpa keluarga setelah memutuskan menjadi seorang mualaf pada April 2014.

 

Mandala Shoji

Mandala Shoji (Foto: Instagram)

3. Mandala Shoji

Ramadan 2019 menjadi Ramadan pertama yang harus dilalui Mandala Shoji di dalam rutan. Presenter Tanah Air ini beralih ke dunia politik dengan mecalonkan diri sebagai anggota legilatif. Namun, hal itu justru membawa Mandala masuk ke dalam penjara. Pasalnya, pria berusia 36 tahun itu terbukti melakukan pelanggaran kampanye dengan membagikan kupon umrah.

Meski harus menjalani Ramadan tanpa istri, Mandala diketahui menjadi lebih baik di dalam rutan. Ia juga mengadakan kajian di dalam rutan bersama narapidana lainnnya.

Kriss Hatta

Kriss Hatta akhirnya ungkap rekaman ijab kabulnya dengan Hilda Vitria. (Instagram @krisshatta07)

4. Kriss Hatta

Ramadan 2019 juga harus dijalani Kriss Hatta di balik jeruji besi. Pasalnya, presenter kondang ini dianggap telah memalsukan dokumen pernikahan atas laporan Hilda Vitria.

Perseteruan Kriss dan Hilda mencuat di media sejak tahun 2018. Kasus keduanya saat ini masih dalam proses sidang. Kini Kriss Hatta harus mendekam di Rutan Bulak Kapal, Bekasi.

Ahmad Dhani

Preskon Ahmad Dhani (Nurwahyunan/bintang.com)

5. Ahmad Dhani

Musikus pentolan grup band Dewa 19, Ahmad Dhani, saat ini mendekam di Rutan Madaeng Surabaya akibat terjerat kasus ujaran kebencian yang dilakukannya. Ramadan kali ini harus dijalani Dhani tanpa kehadiran istri dan anak-anaknya. Hal ini tentu saja menjadi cobaan berat baginya yang diketahui memiliki hubungan dekat dengan anak-anaknya.

Dhani ditahan di rutan sejak 28 Januari 2019. Awalnya, ia divonis 1,5 tahun penjara, tapi masa tahanannya dikurangi menjadi satu tahun saja. Ahmad Dhani dikabarkan masih mengajukan kasasi ke pengadilan.

Vanessa Angel

Vanessa Angel termasuk selebritas yang menghabiskan Ramadan di dalam penjara

6. Vanessa Angel

Kasus yang menjerat artis sinetron, Vanessa Angel memang cukup kontroversial di Tanah Air. Pasalnya, ia terjerat kasus prostitusi yang melibatkan artis. Vanessa mendekam di Rutan Madaeng, Surabaya, sejak 4 Februari 2019. Ramadan kali ini menjadi Ramadan pertama Vanessa di dalam penjara. Ia juga harus menjalani berbagai proses persidangan sambil melaksanakan ibadah puasa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Video Saat Kepala Orang Nyangkut di Pagar Ini Bikin Geleng-geleng

Posted: 30 May 2019 08:55 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak pernah melakukan hal-hal nyeleneh yang bisa bikin ngakak orang-orang di sekitarnya. Bahkan seringkali kelakuan absurd mereka juga menyusahkan diri sendiri. 

Contohnya seperti 6 kejadian di bawah ini, entah apa yang awalnya terjadi sehingga bisa-bisanya kepala 6 orang ini tersangkut di pagar sampai susah dikeluarkan. Bahkan beberapa waktu lalu, anak seorang presenter dan komedian Imam Darto pun mengalami hal sama. Kepala anak keduanya tersebut tersangkut di pagar balkon sebuah hotel, perlu perjuangan untuk mengeluarkannya. 

Kejadian tersebut ternyata sering terjadi juga di kehidupan sehari-hari. Berikut Liputan6.com rangkum 6 video saat kepala nyangkut di pagar yang kocak banget, Jumat (31/5/2019).

2. Siswa yang coba bolos lewat jalur pagar kecil

4. Hati-hati menggergajinya bu, jangan ngomel-ngomel terus

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Persija: Macan Kemayoran Memburu 3 Poin Pertama

Posted: 30 May 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Bali United akan kedatangn Persija Jakarta pada laga pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat malam WIB (30/5/2019). Tim tamu membidik poin penuh pertama.

Berkaca pada dua hasil awal musim ini, Bali United dalam kepercayaan diri tinggi. Pasukan Stefano Cugurra Teco tampak digdaya dengan melahap dua pertandingan dengan kemenangan yakni dengan skor 2-1 atas Persebaya Surabaya dan 1-0 atas Bhayangkara FC. 

Start mulus itu membuat Bali United berada di peringkat kedua dengan raihan enam poin. Kepercayaan diri Bali United bertambah karena mereka punya catatan apik ketika berjumpa Persija di kandang.

Sejak 2015, tercatat sudah tujuh pertandingan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Bali United memenangi empat laga, meraih dua kali imbang, dan hanya kalah sekali dari Macan Kemayoran. Teranyar, terjadi pada perempat final Piala Indonesia 2018 ketika Pasukan Tridatu mengalahkan Persija dengan skor 2-1.

"Kami punya konsentrasi dan semangat dalam latihan. Kami juga punya persiapan yang bagus dan masih punya satu latihan terakhir hari ini. Kami sudah bekerja keras pada latihan untuk memperbaiki yang kurang dalam tim," kata Teco.

"Bali United sudah bermain dua kali melawan Persija tahun ini. Kami menang di Bali dan kalah ketika away ke sana. Mudah-mudahan kami bisa bermain bagus di sini lagi," ujar Teco.

Persija Melawan Jadwal Padat

Gelandang Persija Jakarta, Stefano Lilipaly, menggiring bola saat melawan Bali United pada final Piala Presiden di SUGBK, Jakarta, Sabtu (17/2/2018). Persija menang 3-0 atas Bali United. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Situasi berbeda justru dialami Persija, yang merupakan juara bertahan di Liga 1. Pasukan Ivan Kolev belum pernah menang dalam dua laga awal musim ini.

Ismed Sofyan dkk. hanya meraih hasil imbang 1-1 melawan Barito Putera dan menyerah 1-2 dari PSIS Semarang. Hasil minor tersebut membuat Persija terlempar ke posisi 16 dengan poin satu.

Pelatih Ivan Kolev berdalih rentetan hasil minor yang diraih timnya terjadi karena padatnya jadwal pada awal musim ini.

"Sebenarnya tidak ada persiapan khusus untuk melawan Bali United karena tidak ada waktu. Saya sangat kecewa, tentu saja sedikit marah karena program dan jadwal kami sangat padat. Bahkan, kami tak punya waktu untuk melakukan persiapan," keluh Kolev.

"Contohnya, pada pertandingan pertama melawan Barito. Mereka punya empat hari untuk istirahat, kami juga. Namun, dalam empat hari itu ada dua hari untuk perjalanan. Begitu juga ketika melawan PSIS," ucap Kolev.

Meski begitu, gelandang Persija Sandi Sute, lebih bijak dalam menghadapi pertandingan ini. Sebagai pemain profesional, dia dan pemain Persija lainnya tetap akan bertekad memberikan yang terbaik demi meraih kemenangan perdana musim ini.

"Kondisi pemain cukup bagus dan siap untuk pertandingan. Semua pemain targetnya untuk menang karena pertandingan ini cukup penting. Memang tidak mudah untuk mencari poin di kandang Bali United, namun kami tidak ingin putus asa," tegas Sandi Sute.

Pertandingan ini menjadi pertemuan ke-13 sepanjang sejarah. Bali United tercatat memenangi empat laga, Persija meraih empat laga, dan empat laga sisanya berakhir tanpa pemenang.

Data-Fakta

Prakiraan susunan pemain

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper), I Made Andhika Wijaya, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Ricky Fajrin (belakang), Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (tengah), Stefano Lilipaly, Yabes Roni, Ilija Spasojevic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Steven Paulle, Tony Sucipto (belakang), Rohit Chand, Ramdhani Lestaluhu, Bruno Matos (tengah), Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan)

Pelatih: Ivan Kolev (Bulgaria)

Head to head

  • 4/5/2019 - Persija Jakarta 1-0 Bali United (Piala Indonesia 2018)
  • 26/4/2019 - Bali United 2-1 Persija Jakarta (Piala Indonesia 2018)
  • 2/12/2018 - Bali United 1-2 Persija Jakarta (Liga 1 2018)
  • 17/7/2018 - Persija Jakarta 0-2 Bali United (Liga 1 2018)
  • 17/2/2018 - Persija Jakarta 3-0 Bali United (Piala Presiden 2018)

Lima pertandingan terakhir Bali United

  • 21/5/2019 - Bali United 1-0 Bhayangkara FC (Liga 1 2019)
  • 16/5/2019 - Bali United 2-1 Persebaya Surabaya (Liga 1 2019)
  • 4/5/2019 - Persija Jakarta 1-0 Bali United (Piala Indonesia 2018)
  • 26/4/2019 - Bali United 2-1 Persija Jakarta (Piala Indonesia 2018)
  • 14/3/2019 - Bhayangkara FC 4-1 Bali United (Piala Presiden 2019)

Lima pertandingan terakhir Persija Jakarta

  • 26/5/2019 - PSIS Semarang 2-1 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 20/5/2019 - Barito Putera 1-1 Persija Jakarta (Liga 1 2019)
  • 15/5/2019 - Persija Jakarta 6-1 Shan United (Piala AFC 2019)
  • 4/5/2019 - Persija Jakarta 1-0 Bali United (Piala Indonesia 2018)
  • 1/5/2019 - Becamex Binh Duong 3-1 Persija Jakarta (Piala AFC 2019)

Prediksi Bola.com

Bali United 50-50 Persija Jakarta

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Terima Laporan Gratifikasi 1 Ton Gula dan Dolar Singapura

Posted: 30 May 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pelaporan gratifikasi berupa satu ton gula pasir dan uang sebesar SGD 1.000. Penerimaan gratifikasi itu dilaporkan oleh salah satu pemerintah daerah.

"Pelaporan itu merupakan bagian dari total 44 laporan gratifikasi yang diterima KPK dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan BUMN terkait Idul Fitri 2019," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (30/5/2019).

Menurut Febri, bentuk penerimaan gratifikasi lainnya yang dilaporkan terkait Idul Fitri 2019 ini di antaranya berupa parsel kue Lebaran, karangan bunga, bahan makanan dan uang dengan nilai mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 4 juta.

"Sehingga, total nilai gratifikasi yang dilaporkan sebesar Rp 39.183.000 dan SGD 1.000," kata dia.

Dari 44 laporan tersebut, Febri mengatakan, pelaporan terbanyak berasal dari kementerian/lembaga berjumlah 36 laporan, pemerintah daerah 5 laporan, dan BUMN 3 laporan.

"Terhadap seluruh laporan tersebut, KPK akan menetapkan status gratifikasi menjadi milik penerima atau milik negara dalam waktu paling lambat 30 hari kerja," kata Febri.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raptors Hajar Warriors di Gim Pertama NBA Finals 2019

Posted: 30 May 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Toronto Raptors mengawali debut di NBA Finals dengan baik. Pada gim pertama NBA Finals 2019, Raptors berhasil menang 118-109 atas juara bertahan Golden State Warriors di Scotiabank Arena, Jumat (31/5/2019) pagi WIB.

Kemenangan ini membuat Raptors unggul 1-0 atas Warriors di NBA Finals 2019. Pasukan Nick Nurse masih akan menjadi tuan rumah di gim kedua. 

Warriors masih belum bisa menurunkan Kevin Durant di gim pertama akibat cedera betis. Namun big man DeMarcus Cousins sudah dapat bertanding lagi setelah sembuh dari cedera.

Raptors dengan baik memanfaatkan keunggulan di sektor big man. Pada kuarter pertama dan kedua Raptors mengandalkan duet Marc Gasol dan Pascal Siankam untuk mengeksploitasi paint area Warriors.

Warriors keteteran karena Gasol dan Siankam juga bisa menembak tiga angka. Padahal pada babak pertama Warriors dengan baik bisa membatasi aksi bintang Raptors Kawhi Leonard.

Raptors unggul 10 poin saat jeda babak pertama setelah Danny Green melepaskan tembakan tiga angka ketika kuarter dua tersisa 11 detik lagi.

Di kuarter tiga, Siankam kembali meneror Warriors. Raptors sempat unggul 12 poin. Namun demikian, Warriors pantang menyerah. Dimotori Stephen Curry, Warriors mampu memangkas jarak menjadi tujuh poin saat kuarter tiga berakhir.

Warriors makin percaya diri di kuarter empat. Mereka sempat memangkas jarak menjadi tiga poin di awal kuarter empat. Akan tetapi Raptors kembali menjauh setelah Kawhi Leonard melepaskan tembakan tiga angka di pertengahan kuarter empat.

Raptors memastikan kemenangan atas Warriors di gim pertama NBA Finals 2019 setelah Kyle Lowry menyarangkan tembakan tiga angka dengan tersisa 30 detik lagi.

 

Pascal Siankam

Siankam menjadi bintang kemenangan Raptors. Dia membuat 32 poin, delapan rebound dan lima assists. Leonard hanya menorehkan 23 angka di laga ini.

Gasol juga tampil ciamik dengan 20 poin. Dia mampu merepotkan Curry dengan defense ketatnya. Sedangkan di kubu Warriors, Curry memimpin dengan 34 angka. Draymond Green menorehkan triple double (10 poin, 10 rebound dan 10 assists).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: