Jumat, 17 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Menpan RB Terima LKJPP 2018

Posted: 17 May 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin menerima Hasil Laporan Kinerja Pemerintah Pusat (LKJPP) Tahun anggaran 2018 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Jumat (17/05).

Pada Kesempatan tersebut, Menteri PANRB Syafruddin mengatakan, Sebanyak 88 Kementerian/Lembaga telah menyampaikan Laporan Kinerja Tahun 2018 kepada presiden melalui Kementerian PANRB dengan memanfaatkan Aplikasi Elektronik SAKIP Reviu Kementerian PANRB.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala BPKP Ardan Adiperdana, Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan M Yusuf Ateh, Staf Khusus Menteri Bidang Kelembagaan Rapiudin.

LKJPP disusun dengan melakukan pengikhtisaran laporan kinerja masing-masing K/L di lingkungan Pemerintah Pusat berdasarkan Laporan Kinerja Tahun 2018. Pengikhtisaran dilakukan dengan memilih sasaran strategis yang paling menggambarkan kinerja organisasi terkait dengan sasaran pokok pembangunan nasional yang telah ditetapkan dalam RKP Tahun 2018 dan bidang tugas atau urusan K/L bersangkutan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola: Saya Tidak Akan Latih Juventus

Posted: 17 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Juventus telah mengonfirmasi Massimiliano Allegri tidak lagi menjadi pelatih di musim 2019-20. Ia akan meninggalkan Allianz Stadium setahun sebelum kontraknya berakhir.

Pep Guardiola diyakini sebagai calon pelatih anyar Juventus. Manajer Manchester City itu berada di daftar teratas yang diinginkan Presiden Andrea Agnelli.

Tapi, Guardiola menegaskan dirinya tidak akan melatih Juventus. "Berapa kali saya harus mengatakannya? Saya tidak akan ke Juventus, saya tidak akan suka ke Italia," kata Guardiola seperti dikutip dari Football Italia.

"Saya puas di sini dan saya tidak ke mana-mana. Musim depan saya akan menjadi manajer Man City, saya sudah mengatakan itu berkali-kali," tandas juru taktik asal Spanyol itu.

Selain Guardiola, kandidat lain pelatih Juventus antara lain Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino, Hotspur, pelatih Lazio Simone Inzaghi, dan mantan manajer Chelsea Antonio Conte.

 

Sudah Pamit

Massimiliano Allegri meninggalkan Juventus, setahun sebelum kontraknya berakhir. (AFP/Marco Bertorello)

Menurut laporan Sport Mediaset, Allegri telah memanggil semua pemain, staf, tim fisioterapis, dokter, serta seluruh elemen tim lainnya di ruang latihan pada Jumat (19/5/2019) waktu setempat. Agendanya jelas, ia ingin memberitahu soal kepergiannya.

Allegri tidak memberikan pidato panjang. Mantan pelatih AC Milan itu hanya menyebutkan tiga kalimat seputar kepergiannya.

"Pada hari Minggu nanti bakal menjadi akan menjadi laga terakhir [Andrea] Barzagli," buka Allegri menyinggung soal sang bek, Andrea Barzagli, yang telah memutuskan gantung sepatu pada akhir musim ini. "Dan juga saya," sambungnya. 

Tanggapan Pemain

Sejumlah pemain lalu memberikan tanggapan terhadap pernyataan Allegri. Cristiano Ronaldo, misalnya memberikan tanggapan positif terhadap pesan perpisahan Allegri.

"Pada hari Minggu nanti, kami akan bermain untuknya," ucap peraih lima Ballon d'Or tersebut.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemudik Diminta Waspada Saat Melintasi Kilometer Ini di Tol Trans Jawa

Posted: 17 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyusuri sepanjang Tol Trans Jawa untuk memantau persiapan mudik lebaran 2019 Ia meminta pengendara meningkatkan kewaspadaan saat berada di sejumlah lokasi.

Refdi menjumpai kondisi jalanan kurang bersahabat di jalur mudik tersebut. Contohnya di sepanjang jalan Semarang, Solo, dan Ngawi. Ada tanjakan yang cukup panjang dan tikungan tajam utamannya di 440 sampai 460 kilometer.

"Pada saat tikungan ada tanjakan kemudian juga turunan-turunan sedikit agak terjal," ucap Refdi, Jumat (17/5/2019).

Refdi mengatakan, pengemudi harus ekstra hati-hati utamanya pada siang hari. Kendati rambu-rambu bertuliskan kecepatan maksimal 80 km/jam minimal 60 km/jam sudah terpasang.

"Emang suasana di siang hari banyak pemandangan kiri kanan yang bisa dinikmati tapi biarlah dinikmati orang selain pengemudi," ujar dia.

Ia menyarankan, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi menyiapkan sedikitnya dua sopir. Sehingga bisa bergantian.

"Nanti setelah istirahat kondisi sudah prima gantian lagi," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR Ajak Anak Yatim Doakan Bangsa Indonesia

Posted: 17 May 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memotivasi para anak yatim agar tetap terus mengejar cita-cita. Pasalnya, dari tangan merekalah, masa depan Indonesia terletak. Tak perlu takut menghadapi kehidupan, karena dengan kerja keras, doa dan usaha, insya Allah berbagai cita-cita yang baik akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

"Anak-anak ku sekalian tidak perlu berkecil hati. Saat kecil, bapak juga sudah ditinggal oleh ayah. Allah pasti punya rencana dan maksudnya tersendiri kenapa memanggil orang tua kita terlebih dahulu. Hidup harus tetap berjalan, sebagai anak yang berbakti, kita harus mendoakan para orang tua yang telah menghadap Allah," ujar Bamsoet saat buka puasa bersama ratusan anak yatim di Senayan City, Jakarta, Jumat (17/05/19).

Tak lupa legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini juga meminta doa para anak yatim agar bangsa Indonesia tetap jaya. Selain itu, Bamsoet juga meminta anak yatim mendoakan dirinya agar bisa menuntaskan amanah dengan baik sebagai Ketua DPR RI yang hanya tinggal hitungan beberapa bulan lagi.

"Berbagai usaha merekatkan persaudaraan sebangsa telah dilakukan. Insya Allah dengan adanya doa dari anak-anak ku sekalian, bangsa kita tetap bersatu, tidak terpecah belah. Bapak juga mohon doanya agar bisa menuntaskan amanah sebagai Ketua DPR RI dengan sebaik-baiknya," tutur Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini tak lupa mengajak berbagai pihak agar memberikan perhatian kepada anak-anak yatim. Tidak hanya di Ramadhan saja, melainkan juga di bulan-bulan selanjutnya.

"Perhatian tidak harus berbentuk santunan saja. Namun yang paling penting adalah memberikan perhatian. Sehingga mereka bisa hidup tanpa kekurangan kasih sayang. Insya Allah, kelak dari para anak-anak yatim ini akan lahir para pemimpin yang amanah, para sarjana yang ahli di bidangnya masing-masing, sehingga bisa mendorong kemajuan Indonesia," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Optimistis Rekapitulasi Nasional Rampung 5 Hari Lagi

Posted: 17 May 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra optimistis pihaknya mampu menuntaskan rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi paling lambat pada Rabu 22 Mei 2019 atau 5 hari lagi.

"Kami optimistis pada tanggal 22 Mei rekapitulasi suara selesai. Saat ini hanya tunggu beberapa provinsi saja yang belum," kata Ilham di Jakarta, Sabtu (18/5/2019) seperti dilansir dari Antara.

Rekapitulasi nasional dilakukan 25 April sampai dengan 22 Mei 2019. Hingga kini sudah 27 provinsi yang sudah tuntas dilakukan penghitungan, dan tujuh provinsi lagi belum.

Pada Sabtu siang, KPU RI tengah melangsungkan rekapitulasi suara tingkat provinsi dari daerah Papua Barat.

Berkaitan dengan masih adanya beberapa daerah di provinsi yang mengalami kendala administrasi rekapitulasi suara, Ilham mengatakan bahwa seluruh persoalan di masing-masing wilayah sedang dalam penanganan intensif pihak terkait.

Situasi itu di antaranya terjadi di daerah Deli Serdang dan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara yang belum menyelesaikan rekapitulasi suara di sebagian kecamatan akibat adanya perselisihan raihan suara.

"Di Nias Selatan ada sedikit kegaduhan saat proses rekapitulasi suara di tingkat daerah. Tapi masalah ini sudah ditarik ke provinsi dan telah tertangani," kata anggota KPU Ilham.

 

Masalah di Jayapura

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra memimpin rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, Jakarta, Rabu (7/5/2019). Rapat masih membahas dan menetapkan hasil perolehan suara dari PPLN. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kegaduhan lain juga terpantau oleh KPU RI di Jayapura, Papua, berupa indikasi penggelembungan suara.

Menurut Ilham, terdapat perolehan suara dari sejumlah calon legislatif yang tidak sesuai dengan jumlah pemilih di wilayah setempat.

"Kami sudah rekomendasikan agar kotak suara dibuka dan dihitung ulang, atau harus cek lagi data formulir kecamatannya untuk disandingkan," katanya.

Ilham mengatakan, permintaan sebagian pihak yang merasa dirugikan untuk mengulang kembali pemungutan suara di masing-masing daerah itu tidak mungkin direalisasikan.

"Karena waktunya memang tidak cukup lagi untuk pemungutan suara ulang, lebih baik ditangani secara intensif," katanya.

Dari 27 provinsi yang sudah dilakukan penghitungan, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul di 16 provinsi dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, unggul di 11 provinsi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora Buka Puasa Bersama dengan Stakeholder Pemuda dan Olahraga

Posted: 17 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berbuka puasa bersama dengan stakeholder pemuda dan olahraga di Wisma Kemenpora, Jakarta (17/5). Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto, beserta jajaran pejabat Kemenpora lainnya hadir dalam kesempatan ini.

Dalam sambutannya, Menpora berterima kasih atas kehadiran ratusan tamu undangan yang hadir. Pertemuan ini juga sebagai ajang silaturahmi di bulan Ramadan kali ini.

"Ibu, bapak yang saya hormati, kami mengucapkan terima kasih atas kehadirannya yang telah memenuhi undangan dalam rangka buka bersama. Suasana berbeda, lesehan karena lebih semakin akrab, makan bersama," kata Menpora.

"Sekali lagi terima kasih atas kehadirannya yang dengan penuh pengorbanan. Semoga berkah. Mohon maaf manakala kurang nyaman, ini yang bisa disampaikan. Yang penting silaturahmi tetap berjalan," sambungnya.

Lebih lanjut, Menpora berharap kepada para pemuda untuk bisa menjadi pemimpin dimasa mendatang. Selain itu, juga diharap olahraga kedepannya bisa semakin jaya."Saya mendorong para pemuda kita bisa menjadi pemimpin dimasa mendatang. Tentu juga masa depan olahraga kita semakin jaya. Semoga di event olahraga kedepannya juga tim Indonesia bisa sukses dan tentunya siap untuk menghadapi tantangan," jelasnya.

Usai sambutan, Menpora memberi pertanyaan seputar olahraga kepada anak-anak dari Yayasan Nurul Ilmi Depok. Mereka tampak antusias menjawab pertanyaan dari Menpora. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan tausiah. Tausiah disampaikan Ustaz Azid Manaf dan Ustaz Guntur Gunawan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Modifikasi Kendaraan yang Kelewat Kreatif Ini Sulit Dipercaya

Posted: 17 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Modifikasi kendaraan merupakan cara mengekspresikan diri untuk membuat kendaraan kesayangan terlihat lain dari biasanya. Beragam gaya modifikasi pun dilakukan sebagian orang agar kendaraannya terlihat lebih keren.

Banyak modifikasi kendaraan yang gayanya tidak terpikirkan oleh banyak orang. Keunikan dalam modifikasi kendaraan ini dikarenakan bentuk kendaraan yang tak semestinya ada di jalanan.

Eksperimen-eksperimen unik yang diaplikasikan pada kendaraan roda empat siap membuat kamu tidak percaya bahwa kendaraan modifikasi ini ada. Keunikan kendaraan modifikasi ini memang bikin siapa saya melihatnya melongo. Berikut modifikasi kendaraan yang unik telah Liputan6.com rangkum dari Boredpanda, Sabtu (18/5/2019).

 

1. Kendaraan ala zaman Romawi

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Di zaman Romawi tentu banyak sekali kendaraan yang memakai kuda lalu di bagian belakangnya menarik sebuah barang. Hal itu berusaha diwujudkan orang di atas. Hasilnya luar biasa, kendaraan motor mampu disulap menjadi kendaraan ala zaman Romawi dengan ada kuda berada di depan kendaraan seolah-olah sedang berlari menarik penumpangnya.

2. Berbentuk Hamburger dan Hiu

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Ada-ada saja kreasi orang zaman sekarang dalam modifikasi kendaraan. Terlihat pada gambar di atas, mobil dimodifikasi menjadi berbentuk hamburger, lalu di belakangnya ada bis berbentuk hiu. Tentu pemandangan seperti itu tidak lazim disaksikan di jalanan. Tapi kendaraan-kendaraan tersebut patut diapresiasi karena keunikannya.

3. Mobil penuh hitam berkilat

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Mobil di atas sungguh buat geleng kepala. Mobil dimodif menjadi hitam mengkilap. Bila diperhatikan bagian seluruh mobil memiliki warna yang sama yakni hitam mengkilat. Lalu muncul pertanyaan, bagaimana pemilik mobil ini bisa masuk kedalam mobil atau bahkan bagaimana mengendarainya dengan mobil terlihat tanpa ada kaca. Sungguh mobil yang sangat unik.

4. Punya 2 bagian belakang mobil

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Mungkin maksud pemilik mobil di atas ialah ingin mobilnya memiliki kapasitas berlebih untuk mengangkut barang. Sehingga dengan adanya bagian belakang tambahan mobil, barang-barang yang akan di bawa bisa ditaruh di situ. Mobil yang memiliki 2 bagian belakang ini cukup menarik pengguna jalanan karena bentuknya.

5. Ada Zombie di belakang mobil

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Pemilik mobil ini mungkin saja ialah pecinta film zombie. Sehingga mobilnya diberi aksesori tambahan berupa zombie yang berbentuk setengah badan sedang bergelantungan di kap mobil bagian belakang. Tentu keberadaan zombie ini bisa mengagetkan pengguna jalan lain bila berada di belakang mobil tersebut.

6. Terdapat banyak ukiran unik

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Mobil ini disulap begitu unik dan nyentrik. Mobil ini memiliki banyak ukiran-ukiran yang menarik. Seolah-olah mobil ini dilukis oleh manusia-manusia prasejarah. Keunikan mobil ini patut diacungi jempol.

7. Berbentuk pisang

Modifikasi Kendaraan Kelewat Kreatif (sumber: Boredpanda)

Mobil di atas sungguh unik dan siap membuat pengguna jalan melongo melihatnya. Ya, hal tersebut dikarenakan ada mobil berbentuk pisang berwarna kuning. Dengan menggunakan mobil itu di jalanan, siap-siap saja pemilik mobil ini akan terus diperhatikan oleh pengguna jalanan yang merasa takjub dengan modifikasinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Sudirman 2019: Indonesia Hadapi 2 Negara Eropa

Posted: 17 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Indonesia di Piala Sudirman 2019 akan menghadapi dua negara Eropa pada babak penyisihan Grup B, yakni Inggris dan Denmark. Babak penyisihan Piala Sudirman akan dimulai pada Minggu (19/5/2019).

Jonatan Christie dan kawan-kawan bakal lebih dulu menghadapi Inggris pada hari Minggu (19/5). Usai menghadapi Inggris, Indonesia akan mendapat jeda dua hari sebelum berlaga lawan Denmark pada Rabu (22/5).

Di Piala Sudirman 2019, Indonesia wajib waspada karena akan ada banyak kejutan yang terjadi. Dua tahun lalu, Indonesia mendapat kejutan tak menyenangkan karena menelan kekalahan 1-4 dari India di partai perdana Piala Sudirman.

Setelah laga itu, Indonesia akhirnya gagal lolos meski mengantongi kemenangan 3-2 atas Denmark di laga kedua.

Indonesia baru sekali memenangkan gelar Piala Sudirman yaitu pada edisi perdana 1989 di Jakarta saat mengalahkan Korea Selatan 3-2. Prestasi terbaik Indonesia di Piala Sudirman dalam lima edisi terakhir adalah peringkat ketiga di tahun 2009, 2011, dan 2015.

Lihat jadwal tim Indonesia di Piala Sudirman 2019 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Indonesia di Piala Sudirman

Minggu (19/5/2019)

10.00 WIB Indonesia vs Inggris (TVRI)

Rabu (22/5/2019)

17.00 WIB Indonesia vs Denmark (TVRI)

Berikut skuat Indonesia di ajang Piala Sudirman 2019

 

Putra

1. Jonatan Christie

2. Anthony Sinisuka Ginting

3. Shesar Hiren Rhustavito

4. Kevin Sanjaya Sukamuljo

5. Marcus Fernaldi Gideon

6. Hendra Setiawan

7. Mohammad Ahsan

8. Fajar Alfian

9. Muhammad Rian Ardianto

10. Tontowi Ahmad

11. Praveen Jordan

12. Hafiz Faizal

Putri

1. Gregoria Mariska Tunjung

2. Fitriani

3. Greysia Polii

4. Apriyani Rahayu

5. Ni Ketut Mahadewi Istarani

6. Gloria Emanuelle Widjaja

7. Melati Daeva Oktavianti

8. Winny Oktavina Kandow

Sparring : Tania Oktaviani Kusumah

Pelatih 

1. Hendry Saputra Ho (tunggal putra)

2. Rionny Frederik Mainaky (tunggal putri)

3. Minarti Timur (tunggal putri)

4. Herry Iman Pierngadi (ganda putra)

5. Eng Hian (ganda putri)

6. Richard Leonard Mainaky (ganda campuran)

7. Ary Subarkah (pelatih fisik)

8. Ricky Susiono (pelatih fisik)

 

CDM: Achmad Budiharto

Manajer Tim: Susy Susanti

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Gagalkan Penempatan PMI Non Prosedural di Jakarta Timur

Posted: 17 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim Kementerian Ketenagakerjaan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLKLN) Restu Putri Indonesia di Pondok Kopi, Jakarta Timur pada hari Kamis (16/5). Dari hasil sidak, Tim Kemnaker mengamankan 20 orang calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diduga akan ditempatkan secara non prosedural.

Kasubdit Perlindungan TKI Direktorat PPTKLN Kemnaker, Yuli Adiratna menjelaskan, awalnya sidak dilakukan di penampungan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) PT. DPBM, Bekasi. Dari hasil sidak ke PT. DBPM Bekasi, didapati informasi bahwa 20 orang calon PMI PT. DBPM tengah dilatih di BLKLN Restu Putri Indonesia di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur. Sidak pun dilanjutkan ke BLKLN Restu Putri Indonesia.

"Tim kami menemukan 20 orang calon pekerja migran yang tidak dilengkapi dokumen persyaratan," kata Yuli Adiratna.

Dari hasil sidak, diduga ke-20 orang calon pekerja migran tersebut akan ditempatkan secara non prosedural ke Singapura, Brunei, dan Hongkong. Hal ini didasarkan pada temuan bahwa P3MI PT. DBPM maupun BLKLN tersebut tidak dapat menunjukkan dokumen persyaratan calon pekerja migran.

"Pada tahun 2018, Tim Kemnaker juga pernah melakukan sidak pada BLKLN Restu Putri tersebut dan ditemukan 100 orang calon pekerja migran yang tidak memiliki dokumen persyaratan pekerja migran Indonesia," kata Yuli menambahkan.

Selanjutnya, keseluruhan calon pekerja migran diamankan ke Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. "Tim Pelindungan Pekerja Migran Indonesia akan mendalami kasus ini, dan akan memgkoordinasikan dengan Pengawas Ketenagakerjaan untuk menindaklanjuti penanganan kasus ini," ujarnya.

Ia menambahkan, sidak ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait meninggalnya PMI asal Kabupaten Dompu, NTB, bernama Dwi Kurnia Pratiwi. Sebelum meninggal dunia, Dwi bekerja di Singapura sejak awal tahun 2019 selama kurang lebih empat bulan. Dwi dipulangkan ke Indonesia dalam keadaan sakit. Kepulangan Dwi dijemput oleh PT. DPBM. Kemudian, Dwi dibawa ke penampungan PT. DPBM selama beberapa hari sebelum dibawa ke RS. Hermina, Daan Mogot, Jakarta.

Yuli mengimbau, masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan bujuk rayu kemudahan bekerja ke luar negeri dengan mengesampingkan kelengkapan dokumen persyaratan. "Diharapkan, calon pekerja migran dapat memanfaatkan Layanan Terpadu Satu Atap atau Dinas Ketenagakerjaan di masing-masing kabupaten/kota, untuk mendapatkan informasi dan pelindungan secara optimal," imbau Yuli.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

50 Pekerja Migran Pulang ke Tanah Air Dapat Amnesty Yordania

Posted: 17 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 50 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang termasuk Pekerja Migran Indonesia Bermasalah (PMI-B) dipulangkan dari Yordania. Pemulangan (repatriasi) ini dilakukan KBRI Amman dengan memanfaatkan program amnesti gelombang ke-4 Pemerintah Yordania atas pengampunan atas pelanggaran atau kesalahan hukum.

Ke-50 pekerja migran tersebut tiba di Tanah Air pada Jumát (17/5/2019) siang. Sebagai informasi, PMI yang memanfaatkan program Amnesty untuk pulang ke tanah air ini, keseluruhannya adalah mereka yang sudah habis masa kontrak kerja dan ijin tinggalnya di Yordania, dan memaksakan diri bekerja secara ilegal.

"Program amnesti tahun 2019 ini dimanfaatkan pemerintah untuk mempercepat proses pemulangan para pekerja migran yang bermasalah di Yordania sebanyak 50% WNI yang berstatus ilegal yang bisa dibantu oleh KBRI" ujar Kasubdit Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Kementerian Ketenagakerjaan, Yuli Adiratna, dalam keterangan tertulisnya Jumát (17/5/2019).

Yuli mengungkapkan mayoritas peserta program ini adalah pekerja migran bermasalah yang berstatus ilegal (tidak berdokumen), tentunya yang telah berdomisili di Yordania lebih dari delapan tahun. "Pada pemulangan ini kami sampaikan bahwa tiga orang PMI yang dipulang kan daru rumah tahanan detensi An-Nadara , kasusnya telah diputuskan pemerintah untuk di deportasi dan satu orang anak dari Murni BT Nuryah Pumok dipulangkan melalui program amnesti. Pemerintah melakukan berbagai upaya agar proses repatriasi berjalan lancar. Ini bentuk perlindungan bagi pekerja migran," katanya.

Bentuk perlindungan negara terhadap Pekerja Migran Indonesia salah satu program nya Desa Migran Produktif (Desmigratif), program Desmigratif bertujuan untuk meningkatkan perlindungan bagi pekerja migran sejak dari desa, pentingnya peranan petugas migran dan keluarganya dari proses migrasi yang unprosedual, beresiko tinggi dan perdagangan orang (human Trafficking) papar yuli

Dari 50 PMI-B, 23 pekerja berasal dari Provinsi Jawa Barat. Mereka berasal dari Indramayu (7) dan Kerawang (6), Cirebon dan Sukabumi (3), Cianjur dan subang (2) Bandung, Kuningan dan Purwakarta (1), sedangkan yang berasal Jawa Tengah Brebes (3), Kendal dan Payung tengah (1) Purwodadi (1), banten (6) , NTB (4), Lombok timur (1) lampung timur (1) , yang berasal dari situbondo Jawa Timur (1)

Dubes KBRI Amman, Andy Rachmianto, mengatakan program amnesti pemerintah Yordania ini harus dimanfaatkan sebenar-benarnya karena program ini tidak selalu ada setiap tahunnya.

"Kami menargetkan setidaknya 50 persen dari WNI yang berstatus ilegal dapat dibantu kepulangannya," ucapnya.

Kebijakan Amnesti ini diberlakukan selama 6 (enam) bulan, terhitung sejak tanggal 12 Desember 2018 dan akan berakhir tanggal 12 Juni 2019. KBRI Amman telah melakukan berbagai sosialisasi baik dengan pertemuan langsung, melalui telepon, maupun lewat media sosial. Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman, Suseno Hadi, mengatakan hampir seluruh WNI yang memanfaatkan program amnesti ini merupakan para pahlawan penyumbang devisa, yang seluruhnya perempuan dan telah menetap di Yordania selama belasan tahun.

Maka diharapkan mereka dapat memanfaatkan program amnesti ini untuk dapat kembali ke Indonesia. Bagi mereka yang tidak memanfaatkan program ini, denda izin tinggal akan dihitung sejak masa izin tinggal resminya habis dengan perhitungan 1,5 Jordan Dinar (sekitar Rp 29.500) per hari.

Setelah diumumkannya program amnesti, jumlah pekerja migran bermasalah yang mendaftarkan diri ke KBRI terus bertambah setiap harinya. Program ini diharapkan dapat menjaring seluruh WNI yang bermasalah terhadap pelanggaran izin tinggal di Yordania.

"Tim Satgas telah mengidentifikasi 50 orang anak lebih yang terlahir dari PMI yang berhubungan tidak resmi dengan warga negara lain" kata Atase Ketenagakerjaan KBRI Amman. Anak-anak yang lahir dengan keadaan yang demikian akan bermasalah karena tidak memiliki surat kelahiran dan tidak memiliki status kewarganegaraan yang sah," kata Suseno.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Panduan Mandi Besar Saat Puasa Usai Jimak, Haid, dan Nifas Beserta Niatnya

Posted: 17 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu pokok dalam praktik bersuci adalah mandi besar untuk menghilangkan hadas besar. Mandi besar diperuntukkan bagi kamu yang dalam keadaan junub. Disebut junub ketika kamu mengalami salah satu dari dua hal. 

Pertama, keluarnya mani dari alat kelamin pria atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, ataupun gairah yang ditimbulkan penglihatan atau pikiran. Kedua, jimak atau berhubungan seksual, meskipun tidak mengeluarkan mani.

Persoalan mandi besar penting karena berkaitan dengan ibadah-ibadah lain, baik yang fardhu maupun yang sunnah. Orang yang dalam keadaan junub, dilarang melaksanakan shalat, berdiam diri atau duduk di masjid, thawaf atau mengelilingi Ka'bah, melafalkan ayat Alquran, dan menyentuh mushaf.

Lantas bagaimana cara mandi besar yang benar saat sedang dalam puasa? Nah, pada dasarnya tidak ada larangan bagi orang yang junub untuk menikmati santap sahur. Sebab hal tersebut bukan tergolong aktivitas yang dilarang bagi orang junub. Sehingga tidak ada keharusan mana yang lebih didahulukan antara mandi junub terlebih dahulu atau langsung makan sahur.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (14/5/2019) telah merangkum beberapa hal yang membahas persoalan cara mandi besar saat puasa. Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Hukum Mandi Besar Saat Puasa

Panduan Mandi Besar Saat Puasa / Sumber: iStockphoto

Aktivitas yang dilarang bagi orang junub sendiri, disampaikan oleh Syekh Al-Qadli Abu Syuja' dalam Matn al-Taqrib sebagai berikut:

"Haram bagi orang jubub lima hal: shalat, membaca Al-Qur'an, memegang dan membawa mushaf, thawaf, serta berdiam diri di masjid." (al-Qadli Abu Syuja', Matn al-Taqrib, Semarang, Toha Putera, tanpa tahun, halaman 11).

Hanya saja, bila melihat dari pertimbangan keutamaan, dianjurkan bagi orang junub untuk mandi besar terlebih dahulu sebelum ia makan sahur. Sebab, bagaimanapun juga kondisi janabah adalah kondisi yang kurang baik, terlebih untuk menjalankan aktivitas yang bernuansa ibadah seperti makan sahur.

Dan apabila terpaksa tidak sempat mandi janabah, misalkan karena waktu mepet, maka sebaiknya terlebih dahulu membasuh kemaluan dan berwudhu sebelum santap sahur. Sebab, melakukan aktivitas makan dan minum bagi orang junub adalah makruh sebelum ia berwudhu dan membasuh kemaluannya.

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan:

"Dimakruhkan bagi junub, makan, minum, tidur dan bersetubuh sebelum membasuh kemaluan dan berwudhu. Karena ada hadits shahih yang memerintahkan hal demikian dalam permasalahan bersetubuh, dan karena mengikuti sunah Nabi dalam persoalan lainnya, kecuali masalah minum, maka dianalogikan dengan makan." (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, Minhaj al-Qawim, Hamisy Hasyiyah al-Turmusi, Jeddah, Dar al-Minhaj, 2011, juz 2, halaman 71).

Dalam salah satu hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Sayyidah Aisyah dan Sayyidah Ummu Salamah berkata:

"Rasulullah di saat subuh dalam keadaan junub setelah bersetubuh, bukan karena mimpi, beliau tidak membatalkan puasanya dan tidak meng-qadha'nya.

Menurut keterangan Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki dalam kitab Ibanatul Ahkam, dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa orang yang sedang junub boleh menunda mandi besar hingga waktu setelah terbit fajar. Kendati demikian, yang lebih utama adalah menyegerakan mandi sebelum waktu subuh tiba.

"Orang yang berpuasa boleh menunda mandi junub hingga waktu setelah fajar terbit. Tetapi yang lebih utama adalah ia menyegerakan mandi wajib sebelum terbit fajar atau sebelum Subuh," (Lihat Syekh Hasan Sulaiman An-Nuri dan Syekh Alawi Abbas Al-Maliki, Ibanatul Ahkam, [Beirut, Darul Fikr: 1996 M/1416 H], cetakan pertama, juz II, halaman 313).

Doa Niat Mandi Besar

Berikut ini niat yang bisa kamu baca saat mandi besar yang dilengkapi dengan panduan mandi besar saat puasa. Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Doa niat mandi besar

"Bismillahirrahmanirrahim.. Nawaitul ghusla lirof'il hadatsil akbari fardhon lillaahi ta'aalaa"

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku berniat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardhu karena Allah Ta'ala".

Panduan Mandi Besar

Pada dasarnya panduan mandi besar saat puasa untuk perempuan yang baru selesai haid, nifas, atau lelaki yang baru saja bersyahwat sama saja. Hal yang menjadikan pembeda di sini adalah niat yang dibaca sebelum bersuci.

Berikut ini panduan mandi besar saat puasa lengkap sesuai dengan urutannya.

1. Baca niat mandi besar atau mandi junub terlebih dahulu.

2. Bersihkan telapak tangan sebanyak tiga kali, kemudian lanjutkan dengan membersihkan dubur dan alat kemaluan.

3. Bersihkan kemaluan berikut kotoran yang menempel di sekitarnya dengan tangan kiri.

4. Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun.

5. Lakukan gerakan wudhu yang sempurna seperti saat akan sholat. Yaitu dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.

6. Masukkan tangan ke dalam air, kemudia sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Kalau sudah, guyur kepala dengan air sebanyak tiga kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.

7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air. Dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh bagian kiri.

Saat menjalankan panduan mandi besar saat puasa ini, pastikan untuk membersihkan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi.

Panduan Mandi Besar untuk Pria

Panduan Mandi Besar Saat Puasa / Sumber: iStockphoto

Terdapat hadits dan beberapa anjuran yang berbeda mengenai panduan mandi besar untuk pria. Menurut HR At-Tirmidzi, menyela pangkal rambut hanya dikhususkan bagi pria saja. Bagi para perempuan tidak perlu melakukan hal ini.

Berikut ini panduan mandi besar saat puasa dengan cara Nabi Muhammad SAW menurut hadits Al-Bukhari:

"Dari Aisyah istri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa jika Nabi shallallahu 'alaihi wassalam mandi kerena junub, beliau memulainya dengan mencuci kedua telapak tangannya, kemudian berwudhu sebagaimana eudhu untuk shalat. Lalu memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala. Setelah itu beliau menyiramkan air ke atas kepalanya dengan cidukan kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali, kemudian beliau mengalirkan air ke seluruh kulitnya." (HR. Al Bukhari).

Dari Aisyah dia berkata, "Apabila Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau memulainya dengan membasuh kedua tangan. Beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri, kemudian membasuh kemaluan dan berwudhu dengan wudhu untuk shalat. Kemudian beliau menyiram rambut sambil memasukkan jari ke pangkal rambut hingga rata. Setelah selesai, beliau membasuh kepala sebanyak tiga kali, lalu beliau membasuh seluruh tubuh dan akhirnya membasuh kedua kaki." (HR. Muslim).

Panduan Mandi Besar untuk Perempuan

Panduan Mandi Besar Saat Puasa / Sumber: iStockphoto

Untuk perempuan sendiri, mandi besar sebenarnya sama saja. Tetapi perempuan tidak perlu menyela pangkal rambut. Bahkan tidak perlu membuka jalinan rambutnya. Hal ini sesuai dengan rujukan HR. At-Tirmidzi.

Dalam riwayat tersebut, Ummu Salamah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW, "Aku bertanya, wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku ini perempuan yang sangat kuat jalinan rambut kepalanya, apakah aku boleh mengurainya ketika mandi junub? Maka Rasulullah menjawan, Jangan, sebetulnya cukup bagimu mengguyurkan air pada kepalamu tiga kali guyuran".

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa untuk panduan mandi besar saat puasa untuk perempuan yang ingin membersihkan diri dari hadas besar karena haid maupun nifas adalah sebagai berikut:

1. Bacalah niat mandi wajib atau mandi junub terlebih dahulu.

2. Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali, kemudian lanjutkan dengan membersihkan dubur dan alat kemaluan.

3. Bersihkan kemaluan berikut kotoran yang menempel di sekitarnya dengan tangan kiri.

4. Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun.

5. Lakukan gerakan wudhu yang sempurna seperti ketika kita akan salat, dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.

6. Bilas kepala dengan mengguyurkan air sebanyak 3 kali.

7. Bilas seluruh tubuh dengan mengguyurkan air. Dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh kiri.

Pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan.

Niat mandi besar yang harus dibaca perempuan jika ingin membersihkan hadas besar setelah melahirkan atau nifas adalah sebagai berikut:

"Bismillahirahmanirahim nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minan nifasi fardlon lillahi ta'ala".

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah, aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta'ala".

Setelah membaca niat, lanjutkan dengan panduan mandi besar untuk perempuan. Ingat, tidak perlu menyela pangkal rambut. Cukup diguyur dengan air bersih sebanyak 3 kali.

Niat mandi besar yang harus dibaca perempuan jika ingin membersihkan hadas besar setelah haid adalah sebagai berikut:

"Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal haidi fardlon lillahi ta'ala".

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta'ala."

Setelah membaca niat, lanjutkan tata cara mandi wajib untuk perempuan seperti biasa. Pastikan seluruh bagian tubuh dibersihkan dengan sempurna, sampai ke bagian yang tersembunyi sekalipun.

Panduan Mandi Besar Setelah Berhubungan

Hadas besar karena syahwat bisa disebabkan karena mimpi basah, keluarnya cairan mani, hubungan badan antara suami-istri. Nah, untuk mensucikan diri kembali, maka kamu harus mandi besar atau mandi junub.

Berikut ini niat yang bisa kamu baca sebelum memulai rangkaian panduan mandi besar setelah syahwat.

"Bismillahirahmanirahim nawaitul ghusla liraf'il hadatsil akbar minal janabari fardlon lillahi ta'ala".

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah aku niat mandi untuk menghilangkan hadas besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta'ala."

Setelah membaca niat, lanjutkan dengan melakukan tirual pembersihan dengan panduan mandi besar yang sudah dijabarkan sebelumnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bali Wedding Easy, Mudahnya Selenggarakan Pernikahan di Pulau Dewata

Posted: 17 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Denpasar - Di samping liburan, Bali juga telah jadi destinasi pernikahan bagi tak sedikit pasangan. Kesan sulit, ribet, dan mahal untuk menjadikan Pulau Dewata sebagai bagian dari hari bahagia sudah harus dibuang jauh-jauh.

Adalah Bali Wedding Easy, situs wedding marketplace yang hadir untuk memudahkan calon pengantin menemukan vendor pernikahan terpercaya dan sesuai anggaran. Sesuai namanya, yakni easy, pembelian jasa di wedding marketplace pertama di Bali ini sesederhana belanja online.

Istimewanya, vendor di Bali Wedding Easy, mulai dari makanan, foto, video, dekorasi, entertainment, sampai venue, tak segan langsung menaruh harga di paket yang ditawarkan.

"Jadi, klien tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan budget mereka," kata Founder Bali Wedding Easy Yano Sumampow saat konferensi pers di IC Center, Bali, Jumat, 17 Mei 2019.

Fitur wedding calulator yang hingga kini masih dikembangkan bisa memberi estimasi harga. Yano menjelaskan, selisih dari perkiraan pembiayaan ke realisasi biasanya hanya 10-15 persen.

Dengan tawaran yang tersedia, Yano mengatakan, biaya pernikahan di Bali lewat Bali Wedding Easy dibanderol mulai dari Rp 50 juta untuk 20 package.

Pemilihan Ketat Para Vendor

Bali Wedding Easy (Liputan6.com/Asnida Riani)

Kemudahan yang diberikan Bali Wedding Easy nyatanya berlatar belakang seleksi ketat para vendor. Yano menuturkan, hingga kini sudah ada 72 vendor dari berbagai kategori yang bergabung di situs wedding marketplace tersebut.

"Masih ada puluhan yang menunggu untuk bergabung di Bali Wedding Easy. Kami akan terus seleksi dan perkiraan bakal ada ratusan (vendor) hingga tahun depan," tuturnya.

Telah berkecimpung di dunia wedding selama tahunan, Yano jeli memilih vendor yang bergabung di Bali Wedding Easy. "Kalau yang sudah pernah kerja bareng, saya pasti tahu kualitasnya," kata lelaki yang lama bergelut di dunia fotografi tersebut.

Juga, vendor yang telah terdaftar semuanya merupakan anggota Bali Wedding Association (BWA). Persyaratan, termasuk legalisasi, sudah pasti dikantongi vendor-vendor yang dimaksud.

Terapkan Sistem Pending Booking

Bali Wedding Easy (Liputan6.com/Asnida Riani)

Dalam memilih paket pernikahan di Bali Wedding Easy, klien akan dikenakan sistem pending booking. "Bukan hanya satu produk, ini kan komponennya kompleks sekali. Jadi, kami harus cek schedule dari setiap vendor," ujar Yano.

Kalau sudah terverifikasi semua, klien baru membayarkan DP atas pesta pernikahan yang akan terselenggara. "Kendala kami memang di payment. Harapannya dalam waktu dekat bisa realtime payment dengan ragam opsi," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nassar Bikin Mojang Cianjur Tersipu Malu di Festival Ramadan 2019 Indosiar

Posted: 17 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keseruan selalu terasa di setiap panggung Festival Ramadan 2019 Indosiar. Termasuk episode Jumat (17/5/2019) malam kemarin. Para host, seperti Ramzi, Gilang Dirga dan Jirayut selalu melempar pancingan kekocakan yang membuat segar suasana. 

Yang dapat giliran membuat geli penonton adalah Nassar, salah satu juri, Jumat malam itu. Di Festival Ramadan 2019 Indosiar itu, Ramzi menyentil Nassar yang diketahui kepincut pada salah satu peserta grup marawis asal Cianjur. 

"Nassar, kamu senang sama dia ya," tanya Ramzi. 

Nassar yang duduk di kursi juri Festival Ramadan 2019 Indosiar melangkah dengan gaya khas ke atas pangggung. 

"Iya, tadi aku bilang ke Mbak Inul Daratista, ada yang cantik. Mirip Siti Nurhaliza," katanya. 

"Kamu namanya siapa," tanya Nassar pada seorang peserta berwajah manis dan bergigi gingsul di panggung Festival Ramadan 2019 Indosiar, Jumat malam. 

Adah, Sakinah

Selalu ada keseruan di Festival Ramadan 2019 Indosiar

Sang gadis yang diketahui bernama Adah atau Mawadah ini ternyata masih berusia 18 tahun. Asal Bogor tapi baru kelar nyantri di Cianjur, Jawa Barat. Nassar yang dipanas-panasi Ramzi makin menjadi-jadi melancarkan aksi menggoda santriwati bertubuh mungil itu.

Jelas bikin sang gadis tersipu malu. "Kamu namanya Adah, nanti kita bikin rumah tangga yang sakinah ya," kata Nassar disambut tawa penonton di Studio Emtek City, Jakarta Barat.

Bahkan, Nassar dan Adah didapuk Ramzi untuk berdialog bahasa Sunda dengan gaya kocak. Mereka seolah memerankan suami istri. Segar dan menghibur. 

Oleh-oleh dari Peserta

Selalu ada keseruan di Festival Ramadan 2019 Indosiar

Hal lain yang juga bikin ngangenin Festival Ramadan 2019 Indosiar adalah tatkala para host menunjukkan oleh-oleh dari pendukung peserta. Jumat malam itu misalnya supporter grup marawis asal Sukabumi datang dengan beragam hasil bumi seperti sayuran termasuk buah labu kuning serta penganan wajik dan kue moci. 

Jirayut, host asal Thailand yang dikenal publik lewat ajang Dangdut Academy Asia, tahun 2018 lalu, sampai kewalahan memeluk buah labu kuning ukuran jumbo di pinggir panggung. "Ada plastik nggak, aku mau bungkusin cabenya dong. Ini ibu-ibu yang seneng," teriak Soimah, salah satu juri. 

Segmen pamer oleh-oleh ini seolah menjadi bentuk keakraban penonton atau supporter dengan para juri dan host. Bahkan ada peserta yang membuat karikatur wajah para juri segala. Nassar sempat becanda protes karena wajahnya digambar jauh dari ekspektasinya. 

Selalu ada keseruan di Festival Ramadan 2019 Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua MPR : Ramadan Membentuk Manusia Utama yang Mencerahkan

Posted: 17 May 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) berkesempatan berbuka puasa dengan berbagai ormas Islam. Dalam kata sambutannya, HNW mengucapkan terima kasih atas kedatang para tamu. "Mengucapkan terima kasih telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara ini", ujar HNW, Jumat (17/5/2019).

Pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu mengakui kediamannya yang berada di Kemang, Jakarta Selatan, merupakan kawasan macet apalagi di pertigaan-pertigaan pada sore hari. Meski demikian, HNW mengatakan, "justru semakin berat, semakin sulit, pahalanya semakin banyak."

Di hadapan ratusan undangan yang berasal dari DMI, Ikadi, KAMMI, serta ormas Islam lainnya; HNW mengajak pada semua untuk merefleksikan syukur di bulan puasa ini. "Mari bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah", ucapnya. Wakil Ketua Badan Wakaf Pondok Pesantren Gontor itu menegaskan agar ummat Islam memaksimalkan ibadah di bulan puasa agar menghasilkan manusia yang utama. "Bila ini terjadi maka akan terjadi pencerahan-pencerahan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara", paparnya.

Dalam acara yang dihadiri oleh para pejabat di wilayah Jakarta Selatan itu, HNW mengajak kepada berbagai ormas Islam yang ada untuk saling melengkapi, menguatkan, dan mendoakan. "Mari kita gunakan bulan puasa untuk menguatkan silaturahmi sehingga menjadi berkah bagi kita semua", tuturnya. Menguatkan silaturahmi antar ormas bagi HNW sangat penting sebab sesama ummat Islam adalah bersaudara.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Ikadi, Prof. Dr. Ahmad Satori, memberi kultum. Dalam kuliah tujuh menitnya, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Ciputat itu mengingatkan agar kita memwaspadai bahaya nafsu yang membahayakan ukhuwah manusia. "Mari kita jaga benteng aqidah", tuturnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1: Pesta Gol, Madura United Cetak Rekor Tandang

Posted: 17 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Madura United mencetak rekor usai mempermalukan Persela 5-1 pada pekan pertama Shopee Liga 1 yang disiarkan Indosiar, Jumat malam (17/5/2019). Sebab, sejak musim 2017, Laskar Sapeh Kerrab belum pernah mencetak kemenangan tandang dengan margin empat gol.

Sebelumnya, kemenangan tandang paling besar Madura United dicatatkan ketika melawat ke markas Persegres Gresik United pada kompetisi Liga 1 2017. Kala itu, tim kebanggaan Pulau Garam tersebut, menang dengan skor telak 3-0.

Selain itu, Madura United menjadi tim pertama yang berhasil mencetak kemenangan besar di Stadion Surajaya Lamongan dalam tiga musim terakhir. Tim yang pernah menang dengan kedudukan mencolok adalah Bhayangkara FC, yakni dengan skor 1-3 dua musim lalu.

"Saya enggak tahu siapa menang lima gol di Lamongan, belum pernah ya," kata pelatih Madura United, Dejan Antonic membeber rekor yang dicetak timnya di Lamongan.

Segera Bangkit

Tetapi, sekalipun mampu dikalahkan timnya dengan skor yang cukup telak, Dejan optimistis Persela bisa segera bangkit. Sebab, tim kebanggaan Kota Soto tersebut memiliki pelatih yang berkualitas dan skuat yang bagus.

Dan di balik start dan rekor bagus yang dicatatkan timnya, Dejan menolak jika skuat yang diasuhnya tersebut disebut tim bertabur bintang. Karena ia tidak pernah membeda-bedakan pemain.

Bukan Tim Bertabur Bintang

"Ini bukan pemain bintang, ini semua pemain yang mau kerja keras, di tim saya tidak ada bintang, semua kita kerja keras, semua penting sekali," tegasnya.

Hasil bagus tersebut juga didapatkan karena mereka sudah memahami instruksi dari pelatih. Termasuk, chemistry yang sudah terbangun dengan baik antar pemain.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BMKG Mutakhirkan Gempa Pangandaran Jadi Magnitudo 5,6

Posted: 17 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa magnitudo 5,9 mengguncang wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa pada Sabtu (18/5/2019) pukul 08.51.30 WIB. Gempa dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,6.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,63 LS dan 108,51 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 212 km arah selatan Kota, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 33 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, gempabumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar turun (normal fault).

"Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Pangandaran, Tasikmalaya, Cilacap, Banyumas, Karangkates, Blitar, Tulungagung dan Kediri II-III MMI, di Banjarnegara, Kebumen, Bantul dan Solo II MMI," kata Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Rahmat menyebutkan, hingga pukul 09.25 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," kata Rahmat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket Pesawat Harus Turun per Hari Ini, Cek Daftarnya

Posted: 17 May 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 106 Tahun 2019 yang berisi daftar tarif baru usai Tarif Batas Atas (TBA) diturunkan mulai dari 12-16 persen.

Menteri Perhubungan menandatangani Kepmen tersebut per 15 Mei 2018. Usai Kepmen ditandangani, Menhub memberikan waktu paling lambat 18 Mei, sejumlah maskapai harus menurunkan tarifnya.

Yang harus menyesuaikan tarif batas atas sesuai aturan baru ini dalam maskapai kelas ekonomi.

Sesuai aturannya kelas ekonomi dimaksud adalah terbagi dalam tiga kelas yaitu First Class (Garuda Indonesia dan Batik Air), Medium Class (Trigana Air, Travel Express, Sriwijaya Air, NAM Air, dan Transnusa Air) dan Low Cost Carrier / LCC (Lion Air, Wings Air, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia Extra, Citilink, dan Susi Air).

Hanya saja dalam Kepmen tersebut menegaskan perubahan tarif hanya untuk jenis pesawat jet tidak untuk pesawat baling-baling (propeler).

Dikutip Liputan6.com dari Kepmen 106 Tahun 2019, Sabtu (18/5/2019), berikut daftar Tarif Batas Atas baru yang harus diterapkan maskapai di beberapa rute gemuk dari dan ke Jakarta :

- Jakarta - Surabaya, maksimal harga tiket Rp 1.167.000

- Jakarta - Makassar, maksimal harga tiket Rp 1.830.000

- Jakarta - Malang, maksimal harga tiket Rp 1.194.000

- Jakarta - Semarang, maksimal harga tiket Rp 796.000

- Jakarta - Solo, maksimal harga tiket Rp 906.00

- Jakarta - Jogja, maksimal harga tiket Rp 860.000

- Jakarta - Lombok Praya, maksimal harga tiket Rp 1.396.000

- Denpasar - Jakarta, maksimal harga tiket Rp 1.431.000

- Jakarta - Medan, maksimal harga tiket Rp 1.799.000

- Jakarta - Palembang, maksimal harga tiket Rp 844.000

- Jakarta - Padang, maksimal harga tiket Rp 1.476.000

Selanjutnya

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Hanya saja, dalam Kepmen 106 tersebut dinyatakan, tarif yang dicantumkan tersebut belum termasuk:

- Pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPn)

- Iuran wajib dana pertanggungan dari PT Jasa Raharja (Persero)

- Biaya tambahan, dan/atau

- Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U)

Untuk mengetahui daftar lengkap tarif maksimal, bisa mengunduh Keputusan Menteri Nomor 106 Tahun 2019 melalui laman resmi Kementerian Perhubungan.

 

Menhub Beri Maskapai Dua Hari Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan sambutan serta pengarahan saat Launching Perkumpulan Angkutan Daring Indonesia (PADI) di Gedung Inkoppol, Jakarta, Senin (7/1). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan, pemerintah akan menindak tegas maskapai yang tidak menjalankan aturan terkait tarif batas atas tiket pesawat. Oleh karena itu dia mengharapkan maskapai dapat menyesuaikan tarif tiket sesuai dengan kebijakan pemerintah yang baru.

"Worst case tentu tidak kita inginkan. Worst case ada upaya yang tidak mengikuti terpaksa kita melakukan suatu pinalti," kata dia, saat ditemui, di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Budi mengatakan pihaknya memberikan waktu dua hari bagi maskapai untuk melakukan penyesuaian tarif. Jangka waktu dua hari dihitung sejak tanggal pember aturan terkait TBA, pada 15 Mei.

"Ini kita sudah lakukan kemarin. Kita berikan waktu dua hari sampai besok, lusa harus efektif," ujar dia.

"Apabila ada upaya masif melanggar itu, tentu angka masif itu relatif. Kita akan memberikan peringatan. Peringatan itu, kita harapkan mereka ikut dengan apa yang kita regulasi," imbuhnya.

Dia pun kembali menegaskan bahwa pemangkasan tarif batas atas sebagai upaya pemerintah dalam menjawab keluhan masyarakat atas mahalnya harga tiket. Selain itu juga memperhitungkan berbagai sektor ekonomi yang terdampak harga tiket, seperti sektor pariwisata.

"Semua bersepakat bahwa satu jalan yang baik adalah melakukan evaluasi terhadap tarif batas atas harapannya ada suatu kontrol atas tarif tertinggi itu tidak digunakan," jelas dia.

"Nah harapannya maskapai lain yang LCC juga menyesuaikan, bahkan kami mengharapkan bahwa maskapai LCC memberikan harga yang dapat dijangkau katakan 50 persen supaya spreading dari 85 persen sampai 50 persen itu tersedia sehingga masyarakat mempunyai pilihan," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019: Siaran Langsung Hari Ini

Posted: 17 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Shopee Liga 1 2019 akan menggelar dua pertandingan yang akan dilangsungkan Sabtu (18/5/2019. Salah satunya adalah duel Persib Bandung kontra Persipura Jayapura, yang disiarkan di Indosiar.

Duel Persib kontra Persipura akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat. Persib yang musim lalu berada di posisi keempat klasemen akhir, tak mau terpeleset di kandang pada laga perdana Shopee Liga 1 2019. Sementara, Persipura juga berambisi membuat kejutan.

Kedua tim tampil dengan wajah baru. Tim Maung Bandung kini ditangani pelatih kawakan asal Belanda, Robert Alberts. Sedangkan Persipura dilatih mantan pemain legendaris Persija, Luciano Leandro.

Di pertandingan lain, PS Tira Persikabo akan menjamu Perseru Badak Lampung FC di Stadion Pakansari, Cibinong. Laga ini akan menjadi partai perdana pelatih Rahmad Darmawan di Tira Persikabo pada Shopee Liga 1 2019.

Lihat jadwal Shopee Liga 1 2019 di halaman selanjutnya.

 

 

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 18 Mei 2019

20.30 WIB Persib Bandung vs Persipura Jayapura (Indosiar)

20.30 WIB PS Tira Persikabo vs Badak Lampung FC (Vidio.com)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Count KPU 87,9 Persen Siang Ini, Berapa Suara Jokowi Vs Prabowo?

Posted: 17 May 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang mengumpulkan data untuk melakukan penghitungan suara real count Pemilu 2019. Hingga Sabtu siang ini, (18/5/2019), sudah ada 87,9 persen suara yang masuk untuk Pilpres 2019.

Dari hasil real count, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin masih mengungguli pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berikut hasil real count sementara dari Situng KPU Sabtu pukul 10.30 WIB, dengan suara masuk 715.744 dari 813.350 TPS (87.99951%)

Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin: 55,84 persen atau 75.288.522 suara.

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 44,16 persen atau 59.540.045 suara.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sekjen PDIP Sambangi Buka Puasa Bersama Pewarta Foto di Bundaran HI

Posted: 17 May 2019 09:05 PM PDT

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberi sambutan saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberi sambutan saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberi sambutan saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini dihadiri ratusan pewarta foto dari berbagai media massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberi sambutan saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini dihadiri ratusan pewarta foto dari berbagai media massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi memberi sambutan saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini dihadiri ratusan pewarta foto dari berbagai media massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi memberi sambutan saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini dihadiri ratusan pewarta foto dari berbagai media massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (kiri) saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi (kiri) saat menghadiri buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana acara buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini dihadiri ratusan pewarta foto dari berbagai media massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana acara buka puasa bersama Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini dihadiri ratusan pewarta foto dari berbagai media massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) berfoto usai acara buka puasa bersama di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ) berfoto usai acara buka puasa bersama di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (18/5/2019). Buka puasa bersama ini mengambil tema 'Pererat Silahturahmi Lintas Generasi Pewarta Foto'. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Bercerai, Melanie Putria Canggung Bertemu dengan Mantan Suami

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melanie Putria telah bercerai dengan Angga Pradiredja tiga bulan lalu. Namun meski begitu, Melanie masih tetap menjalin hubungan dengan mantan suaminya. Seperti saat keduanya melakukan buka puasa bersama. Mereka mengajak putra tunggal mereka, Sheemar Rahman Puradiredja.

Setelah tak lagi menjadi pasangan suami istri, Melanie Putria memang tak ingin hubungannya dengan Angga putus begitu saja. Meski begitu, dirinya mengaku tetap canggung saat bertemu dengan mantan suami.

"Kalau canggung sudah pasti ya. Tapi canggungnya juga nggak terlalu terasa. Aku nggak mellow dan santai saja. Kemarin kita buka puasa weekend pertama. Jadi lagi ada program latihan marathon, disusulin untuk buka puasa bareng-bareng," ujar Melanie Putria saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Melanie pun menganggap pertemuannya dengan mantan suami adalah sesuatu yang jarang terjadi. Apalagi pertemuannya ini terjadi di bulan Ramadan.

"Sebuah kemewahan bisa tetap bersama, bisa tetap baik. Jadi semua dimudahkan urusan aku, Angga dan Simar," ujar Melanie Putria.

Berbeda

Melanie Putria (Foto: Instagram)

Menjalin hubungan baik dengan mantan suami, dirasakan Melanie Putria rasakan sesuatu yang berbeda karena dijalani tanpa sosok pasangan.

"Nggak terlalu kerasa. Karena sampai hari ini aku sama Angga masih baik-baik. Karena nggak ada konflik. Nggak ada permasalahan besar. Jadi jalani bulan suci Ramadan bedanya cuma keberadaannya," ujar Melanie.

 

Karena Anak

Melanie Putria sampaikan pesan kepada pelari (Instagram/melanieputria)

Melanie menegaskan hubungannya dengan Angga terjadi karena anak semata wayang mereka.

"Kalau dari sisi frekuensi komunikasi, terus intensitas berbicara, ngobrol sama simar itu nggak bedanya sama sekali. Tapi kalau dari kehadiran itu pasti ada perbedaan secara kuantitas," pungkas Melanie Putria. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Spanyol: Menanti Penghuni Peringkat Empat

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Klasemen Liga Spanyol masih sengit hingga akhir musim walau gelar juara sudah pasti jadi milik Barcelona. Persaingan sengit terjadi memperebutkan posisi keempat yang berarti tiket ke Liga Champions musim depan.

Kini persaingan untuk meraih posisi empat di klasemen Liga Spanyol justru lebih seru. Valencia kini berada di posisi empat meski punya poin sama dengan Getafe (lima).

Valencia masih mungkin untuk disusul Getafe dan Sevilla jika tergelincir di laga terakhir. Itu bisa terjadi kalau Valencia tergelincir saat menghadapi tuan rumah Real Valladolid

Sedangkan Getafe akan menjadi tuan rumah di pekan terakhir dengan melawan Villarreal. Ini bakal menjadi laga penghabisan yang tak bisa dilepas begitu saja.

Klasemen Liga Spanyol sulit berubah untuk posisi dua dan tiga. Atletico Madrid yang berada di posisi dua dan Madrid ketiga nyaman dengan posisi masing-masing.

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rolling Stones Siap Tour Lagi Karena Mick Jagger Sembuh

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rolling Stones kembali memulai tour 21 Juni nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Tasya Kamila Tetap Tenang Digendong Dokter yang Viral, Ali Sungkar

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai resmi menjadi ibu, Tasya Kamila kini kerap mengunggah kebersamaannya bersama sang buah hati Arrasya Wardhana Bachtiar yang lahir pada 13 Mei 2019 lalu. Termasuk, ia mengunggah kebersamaan sang bayi dengan sang dokter.

Dalam Instagram stories @tasyakamila, wanita 26 tahun ini mengunggah video ketika putra pertamanya itu digendong dokter yang beberapa waktu sempat viral karena aksi menggendong bayi.

"Dokterku yang viral itu beraksi," kata Tasya.

 

Aksi dokter Ali Sungkar SpOG(K) menggendong anak Tasya Kamila. (Instagram @tasyakamila)

Dengan satu tangan, dokter tersebut mengayunkan Arrasya ke kiri dan kanan. Bahkan saat dibawa ke belakang badan sang dokter, si bayi tidak juga menangis. Malah sang bayi tampak tenang dan menikmati momen itu. Tentu saja karena sang dokter sudah berpengalaman, buah cinta Tasya dan Randi Bachtiar itu tetap tenang.

Tasya pun memberi catatan bahwa aksi tersebut tidak untuk ditiru. Hanya boleh dilakukan oleh pihak profesional, seperti dokter spesialis kebidanan dan kandungan Ali Sungkar yang ada dalam video tersebut.

Sebelumnya, dokter Ali sempat viral ketika menggendong bayi dengan cara seperti pada Arrasya. Ali Sungkar yang kini berpraktik di Brawijaya Women Hospital dan RS Pondok Indah - Pondok Indah merupakan dokter kebidanan dan kandungan yang memiliki subspesialis fetomaternal.

Mengutip laman resmi website Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Ali Sungkar menjadi dokter kebidanan dan kandungan sudah sekitar 20-an tahun. Ia menyelesaikan pendidikan di Departemen Obstetri dan Ginekologi FKUI-RSCM pada 1999. (Baca: Seperti dr Ali Sungkar, Video Dokter yang Jago Redakan Tangis Bayi Pernah Viral)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemur Perabot Mahal di Luar Rumah, ART Ini Diikat di Pohon oleh Majikan

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini foto yang memperlihatkan seorang ART muda di Arab Saudi diikat di pohon viral di media sosial. Dia adalah Lovely Acosta Baruelo yang berasal dari Filipina dan bekerja sebagai asisten rumah tangga untuk keluarga kaya di Arab Saudi.

Dikutip dari Metro, foto tersebut diambil oleh rekan kerja Baruelo yang juga berasal dari Filipina. Rupanya saat itu majikan Baruelo sedang menghukum wanita 26 tahun itu lantaran dirinya terlalu lama meninggalkan salah satu perabot mahal mereka di bawah sinar matahari.

Akibatnya sang majikan marah dan menghukumnya dengan mengikat tubuh Baruelo di pohon dan membiarkannya berjemur di terik matahari. Pada foto-foto yang diunggah di Facebook tersebut terlihat dengan jelas bahwa pergelangan tangan dan kaki Baruelo diikat di pohon besar di kebun majikannya tersebut.

Rupanya, menurut keterangan rekan kerja Baruelo ini bukan satu-satunya hukuman kejam yang pernah didapatinya. Majikan Baruelo diketahui tak segan-segan menyakiti mereka bahkan hanya untuk kesalahan kecil.

Dipulangkan ke Kampung Halaman

ART diikat di pohon (foto: Viral Press)

Beruntung, insiden ini menjadi perhatian Kedutaan Besar Filipina dan Baruelo pun akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya. Setibanya di Filipina, Baruelo membagikan kisahnya ini ke Facebook dan juga berterima kasih kepada semua orang yang telah membantunya. Tak lupa dirinya juga meminta bantuan untuk beberapa rekannya masih tinggal di Arab Saudi.

"Terima kasih banyak untuk semua yang telah membantu saya. Saya juga ingin meminta bantuan kepada orang Filipina lainnya yang tinggal di sana. Mereka adalah orang-orang yang membantu saya dan mengunggah foto-foto saya. Saya khawatir dengan keselamatan mereka. Saya harap mereka juga diselamatkan," tulisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Istri Menyantet Sang Suami Lewat Perasan Jeruk Purut

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bengkalis - Polisi berhasil mengungkap fakta baru dalam kasus istri bunuh suami di Jalan Pelita, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Bengkalis.

Ternyata sebelum Rifna mencoba membunuh Salman, ia juga sempat berusaha menyantet suaminya itu.

Tapi Salman tidak mempan disantet. Hal ini membuat Rifna gelisah dan meminta pelaku Honas yang juga berprofesi sebagai dukun itu membunuh Salman secara langsung. 

Kapolres Bengkalis, AKBP Yusup Rahmanto mengatakan, Rifna mengenal Honas setelah dipertemukan oleh pria berinisial AN. Nama ini disebut penyidik sebagai kekasih gelap Rifna.

Ketika menemui Honas, Rifna ditemani kerabatnya bernama Avwita. Honas sempat protes kenapa Rifna membawa orang lain tapi berhasil diyakinkan bahwa Avwita juga membenci Salman karena sering dikasari.

"Saat itu Rifna diberi perasan jeruk purut oleh Honas. Rifna lalu diminta memberikan perasan jeruk purut itu kepada korban agar terkena efek santet. Pertemuan ini sebelum Ramadan," kata Yusup, Jum'at (17/5/2019).

Rifna sempat mengurungkan niatnya untuk membunuh suaminya, Salman. Namun Salman yang kembali berlaku kasar kepada Rifna membuat Rifna kehilangan kesabaran dan naik pitam.

Rifna pun kembali datang menemui Honas dan meminta Honas untuk segera menghabisi nyawa Salman secara langsung. Apalagi perasan jeruk purut santet yang diberikan sebelumnya itu tak berefek setelah beberapa hari.

"Maka diminta uang Rp 30 juta, tapi Rifna hanya sanggup Rp 10 juta. Pembayaran dicicil Rp 3 juta dulu dan dibayar setelah pekerjaan Honas selesai," sebut Yusup.

Tanggal 12 Mei menjadi hari kasus istri bunuh suami dijalankan. Jelang tengah malam, Honas sudah berada di sekitaran rumah Rifna dan Salman. Bahkan Di dalam rumah telah terlebih dahulu juga ada Avwita untuk menjaga anak perempuan Rifna.

Mengintip dari Tirai

Tiga pelaku yang ditangkap dalam kasus istri bunuh suami di Kecamatan Mandau, Bengkalis. (Liputan6.com/M Syukur)

Dini hari 13 Mei 2019, Honas diminta masuk rumah karena Salman sudah tidur. Pelaku lalu masuk ke kamar, lalu menindih korban serta memukul wajahnya memakai batu gilingan.

Wajah korban juga ditutup bantal supaya tak bernafas. Karena masih merontah, Honas menusuk perut korban memakai pisau dapur yang disediakan Avwita dan memukul wajahnya memakai batu yang disediakan Rifna.

"Semua kejadian ini disaksikan Rifna dibalik tirai kamar, mengintip gitu. Avwita juga mendengar karena ada di rumah," terang Yusup.

Ketika Honas berada di kamar mandi untuk membersihkan bercak darah, Rifna datang dan menyebut suaminya masih hidup. Korban yang meronta lalu dipukul Honas pakai batu penggiling cabe hingga akhirnya meninggal dunia.

"Saat kejadian, anak perempuan korban ada di rumah. Diduga mendengar kejadian itu, lalu dipeluk Avwita untuk menenangkannya," sebut Yusup.

Usai kejadian, Rifna melaporkan kejadian ini ke tetangganya. Dia bersandiwara seolah terjadi perampokan disertai pembunuhan terhadap suaminya. Hal ini lalu dilaporkan ke Polsek Mandau.

"Kejanggalan terungkapkan setelah penyidik dua kali melakukan olah tempat kejadian perkara," kata Yusup.

Ketiganya, Rifna, Honas dan Avwita sudah ditangkap dan ditahan di Polsek Mandau. Atas perbuatan istri membunuh suami dengan membayar orang ini, Rifna terancam hukuman mati, begitu juga dua pelaku lainnya.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Filter Ubah Cowok Jadi Cewek Masih Terpopuler

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Filter yang bisa mengubah wajah cowok menjadi cewek masih menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com. Banyak orang menjajal filter ubah gender tersebut dan mengunggahnya ke internet.

Berita lain yang tak kalah populer datang dari bos Telegram yang meyakini kalau WhatsApp tidak akan pernah aman.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Ups, Filter Ubah Cowok Jadi Cewek di Snapchat Banyak Dipakai Jadi Profil Tinder

Beberapa hari terakhir, filter Snapchat yang bisa mengubah foto laki-laki menjadi perempuan maupun sebaliknya tengah ramai di media sosial. Banyak orang menjajal filter ubah gender tersebut dan mengunggahnya ke internet.

Tampilan ubah gender ini memang menunjukkan hasil yang sangat berbeda dari wajah asli si pengguna. Dari foto laki-laki menjadi sosok perempuan yang sangat cantik. Filter ini ternyata begitu digandrungi oleh pengguna lelaki.

Perbedaan mencolok tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk memasangnya menjadi foto profil di aplikasi Tinder.

Baca selengkapnya di sini 

2. Bos Telegram: WhatsApp Tidak Akan Pernah Aman

Pendiri Telegram, Pavel Durov, mengomentari celah keamanan WhatsApp. Ia menilai celah keamanan spyware yang terjadi pada WhatsApp, bisa membuat semua yang ada di dalam ponsel, termasuk foto, email, dan teks diakses oleh hacker.

Pendapatnya soal WhatsApp ini, ditulisanya di blog Telegram dengan judul "Wht WhatsApp Will Never Be Secure". Financial Times sebelumnya melaporkan, WhatsApp disusupi spyware yang dibuat oleh perusahaan asal Israel, NSO Group

Hacker menyebarkan spyware melalui panggilan telepon WhatsApp, bahkan tetap bisa dilakukan jika pengguna tidak menjawab panggilan tersebut.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Nama Smartphone Flagship dari Redmi Terungkap

CEO Xiaomi Lei Jun berikan bocoran tentang smartphone terbaru Redmi? (Foto: Gizmochina)

Informasi seputar flagship smartphone dari Redmi lambat laun terungkap. Terbaru, giliran nama smartphone ini yang dikonfirmasi oleh petinggi Redmi.

Dikutip dari Gizmochina, Jumat (17/5/2019), nama smartphone anyar Redmi ini diketahui dari unggahan Genera Manager Redmi, Lu Weibing, melalui akun Weibo miliknya beberapa waktu lalu.

Dalam unggahan tersebut, dia menyebut bahwa nama varian flagship dari Redmi ini akan diberi nama K20. Tidak lupa, dia juga memberikan arti dari penggunaan nama tersebut.

Baca selengkapnya di sini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Keluar Rumah

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan hari ini berisi bacaan doa yang dibaca ketika kita akan meninggalkan rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Rasulullah Berbuka Puasa

Posted: 17 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan di mana umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan pahala, rida, kasih sayang, serta ampunan dari Allah SWT. Terlebih apabila dapat melaksanakan ibadah puasa sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Kebahagiaan terasa berlipat ganda karena dapat melaksanakan perintah Rasul.

Salah satu ajaran Rasul saat bulan Ramadan adalah terkait tata cara berbuka puasa. Beberapa cara tersebut memiliki makna tersendiri bagi umat muslim yang melakukannya. Liputan6.com telah merangkum tata cara berbuka ala rasul dari berbagai sumber. Lantas, apa saja caranya?

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Salah satu sunah Rasulullah SAW adalah menyegerakan berbuka puasa setelah azan magrib berkumandang. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

عَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ لاَ يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ"

Dari Sahl bin Sa'ad ra yang berkata, Rasulullah Saw. bersabda, "Kaum muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa." (HR. Mutafaqun 'alaih)

2. Mengonsumsi Kurma dan Air Putih Saat Berbuka

 

Berdasarkan hadis Anas bin Malik radhiallahu 'anhu, Beliau berkata:

ﻛَﺎﻥَ ﺭَﺳُﻮ ﻝُ ﺍﻟﻠِّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪً ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳُﻔْﻄِﺮُ ﻋَﻠَﻰ ﺭُﻃَﺒَﺎﺕٍ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳُﺼَﻠِّﻲَ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢْ ﺗَﻜُﻦْ ﺭُﻃَﺒَﺎ ﺕٌ ﻓَﻌَﻠَﻰ ﺗَﻤَﺮَﺍﺕٍ ﻓَﺈِﻥْ ﻟَﻢ ﺗَﻜُﻦْ ﺣَﺴَﺎ ﺣَﺴَﻮﺍﺕٍ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﺀٍ

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air."

Dalam hadis tersebut diketahui bahwa Rasulullah SAW berbuka puasa menggunakan kurma basah (ruthab), apabila tidak ada ruthab maka beliau menyantap kurma kering (tamr), apabila tidak ada tamr maka Rasulullah berbuka dengan seteguk air. Beberapa riwayat menyatakan bahwa Rasulullah menkonsumsi kurma dalam jumlah ganjil, yakni 3, 5, dan 7.

Kurma sendiri memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti meningkatkan stamina dan energi serta menyehatkan sistem pencernaan. Sedangkan air putih berguna menangkal racun yang ada di dalam tubuh.

3. Berdoa Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, Rasulullah SAW terbiasa berdoa sambil mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan Rasulullah setelah berbuka sebagai berikut :

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَللهُ يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ.

"Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insyaallah pahala sudah tetap."

Setelah selesai berbuka puasa, dianjurkan untuk segera melaksanakan solat magrib sehingga berkah yang didapat saat bulan ramadan lebih melimpah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Densus 88 Olah TKP Rumah Terduga Teroris di Cibinong Bogor

Posted: 17 May 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Densus 88 Antiteror Mabes Polri menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di rumah terduga teroris E alias Abu Rafi alias Pak Jenggot yang ditangkap di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 17 Mei 2019.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (18/5/2019) pukul 09.45 WIB, sejumlah polisi memeriksa barang bukti yang digelar di depan rumah terduga di Jalan Nangewer RT 02/03, Kelurahan Nangewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sementara petugas lainnya dengan senjata api laras panjang dan yang berpakaian preman terlihat berjaga-jaga di depan gang menuju rumah Pak Jenggot. Gang menuju rumah terduga teroris itu juga ditutup dengan garis polisi.

Sejumlah polisi meminta awak media yang memantau jalannya proses olah TKP di ujung gang, untuk menjauh karena khawatir terjadi ledakan dari bahan peledak. Tak lama kemudian, beberapa anggota Densus membawa tiga buah koper ke area rumah pelaku.

"Maaf ya menjauh dulu ke seberang jalan karena ada bahan yang bisa meledak," kata Kapolsek Cibinong Kompol Prasetyo.

Menurutnya, usai olah TKP perwakilan dari Mabes Polri akan mengeluarkan pernyataan terkait perkembangan penangkapan terduga teroris E yang diduga terkait jaringan ISIS. "Setelah ini akan ada konferensi pers. Jadi mohon bersabar," kata dia.

Barang Bukti

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror menggerebek rumah terduga teroris alias Abu Rafi alias Pak Jenggot di Jalan Nangewer RT02/03, Kelurahan Nangewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 17 Mei 2019 sekitar pukul 15.30 WIB.

Dari lokasi penggerebekan, polisi menyita barang bukti berupa pistol jenis FN, bahan baku dan bahan jadi peledak yang dibuat secara rumahan yakni TATP dan Nitrogliserin.

Tak hanya itu, anggota Densus juga menemukan beberapa panci, paku-paku termasuk juga buku-buku pembuatan bom dan buku-buku doktrin jihadis.

Sementara itu, di seputar rumah Endang diberi garis polisi. Sejumlah anggota polisi dari Polres Bogor masih terlihat berjaga-jaga mengamankan rumah pelaku.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Allegri Ucapkan 3 Kata Perpisahan, Ini Komentar Pemain Juventus, Termasuk Ronaldo

Posted: 17 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Massimiliano Allegri dipastikan resmi tinggalkan Juventus pada musim depan. Keputusan Allegri untuk meninggalkan Juventus jelas mengejutkan banyak orang.

Jika menilik dari sejumlah trofi yang telah ia berikan, maka sebenarnya pantas kalau menyebut mantan nahkoda AC Milan tersebut sebagai pelatih tersukses Bianconeri pasca era Calciopoli.

Tapi apa daya, keputusannya untuk hengkang sudah bulat. Sejumlah klub dirumorkan siap menampungnya, dan beberapa nama hebat pun terus disebut sebagai calon pengganti Allegri di kursi kepelatihan Juventus musim depan.

Menurut laporan Sport Mediaset, Allegri memanggil semua pemain, staf, tim fisioterapis, dokter, dan seluruh elemen Juventus lainnya di ruang latihan pada Jumat (19/5) waktu setempat. Agendanya jelas, ia ingin memberitahu soal kepergiannya.

Dan, para pemain Juventus bertekad untuk menutup karir pelatih berumur 51 tahun tersebut di Allianz Stadium dengan torehan yang membanggakan.

Pernyataan Allegri kepada Skuat

Massimiliano Allegri berhasil membawa Juventus kembali merengkuh trofi Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Allegri tidak memberikan pidato panjang. Kepada mereka, pria yang juga pernah menukangi Cagliari tersebut hanya menyebutkan tiga kalimat seputar kepergiannya.

"Pada hari Minggu nanti akan menjadi akan menjadi laga terakhir [Andrea] Barzagli," buka Allegri menyinggung soal sang bek, Andrea Barzagli, yang telah memutuskan gantung sepatu pada akhir musim ini. "Dan juga saya," sambungnya.

Selain itu, Allegri juga tidak terburu-buru dalam menggelar sesi latihan pada hari tersebut. Pasalnya, tempat latihan Juventus sedang diguyur oleh hujan deras.

Tekad Ronaldo

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri dan Cristiano Ronaldo. (AFP/Marco Bertorello)

Sejumlah pemain lalu memberikan respon terhadap pernyataan Allegri. Menurut laporan Mediaset, salah seorang pemain yang tidak disebutkan namanya juga menyatakan bahwa dirinya akan menjalani laga terakhir di pekan pamungkas Serie A nanti.

Sementara Cristiano Ronaldo memberikan respon positif terhadap pesan perpisahan Allegri. Kembali dari laporan Mediaset, peraih lima gelar Ballon d'Or tersebut berbisik: "Pada hari Minggu nanti, kami akan bermain untuknya,".

Hingga sekarang, masih belum ada kabar resmi soal siapa pengganti Allegri untuk musim depan. Namun beberapa gosip telah menyebut nama pelatih Lazio, Simone Inzaghi, sebagai kandidat terkuat pengisi kursi kepelatihan Bianconeri.

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Lebih Murah Rp 2.000 per Gram

Posted: 17 May 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau harga emas Antam merosot Rp 2.000 menjadi Rp 663.000 per gram pada perdagangan Sabtu (18/5/2019). 

Demikian juga harga pembelian kembali emas Antam (buyback) yang susut Rp 2.000 menjadi Rp 588 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 588 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.18 WIB, sebagian ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.890.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.230.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen). 

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.870.000. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.190.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen). 

 

Daftar Harga Emas Antam

Petugas menunjukkan emas batangan di gerai Butik Emas Antam di Jakarta, Jumat (5/10). Pada perdagangan Kamis 4 Oktober 2018, harga emas Antam berada di posisi Rp 665 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

* Pecahan 0,5 gram Rp 356.000

* Pecahan 1 gram Rp 663.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.275.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.891.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.145.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.205.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.405.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.735.000

* Pecahan 100 gram Rp 61.400.000

* Pecahan 250 gram Rp 153.250.000

* Pecahan 500 gram Rp 306.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 612.600.000.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen SBY Setia Dampingi Ani Yudhoyono di Rumah Sakit, Bikin Haru

Posted: 17 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bulan terakhir Ani Yudhoyono menjalani perawatan intensif di National University Hospital, Singapura. Ani Yudhoyono sendiri sedang berjuang untuk melawan penyakit kanker darah yang dideritanya. Perjuangan Ani Yudhoyono dalam menghadapi penyakit tersebut pun tak lepas dari dukungan suami Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan juga kerabat lainnya.

Ani Yudhoyono sendiri kerap mengunggah perkembangan dan juga aktivitas yang ia lalui selama di rumah sakit dalam akun Instagam @aniyudhoyono. Bahkan yang terbaru, Ani Yudhoyono terlihat diperbolehkan untuk keluar dari dalam ruang perawatan. Tentu saja momen ini menjadi salah satu kabar bahagia bagi keluarga dan juga para kerabat.

Dalam setiap momen pun sang suami, SBY tak pernah lepas untuk mendampingi. Kesetiaan SBY dalam mendampingi istri tercinta pun membuat haru para netizen. Mulai dari menemai kala perawatan, makan hingga berjalan-jalan di area rumah sakit.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @aniyudhoyono, Sabtu (18/5/2019) beberapa momen SBY yang setia mendampingi Ani Yudhoyono tertangkap kamera dan juga diunggah langsung pada akun Instagram Ani Yudhoyono.

Berikut momen SBY yang setia mendampingi Ani Yudhoyono saat di rumah sakit.

1. Kebersamaan SBY dan Ani Yudhoyono saat diizinkan keluar ruangan.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

2. SBY selalu menemani dan juga memberi dukungan.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

3. Para netizen pun dibuat haru atas kesetiaan SBY menemani Ani Yudhoyono.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

4. Dukungan dari suami membuat Ani Yudhoyono tetap semangat.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

5. Ani Yudhoyono pun tetap semangat menjalani pengobatan.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

6. Terlihat SBY menemani Ani Yudhoyono dalam menjalani pelatihan dan perawatan.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

7. SBY setia menemani Ani Yudhoyono mencatat berbagai pengobatan yang harus dijalani.

SBY - Ani Yudhoyono (Sumber: Instagram/aniyudhoyono)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Hajar Raptors di Gim Kedua, Bucks Unggul 2-0

Posted: 17 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Milwaukee Bucks membuka peluang lolos ke final NBA 2019. Bucks kini unggul 2-0 atas Toronto Raptors di final Wilayah Timur NBA setelah menang telak 125-103 di gim kedua, Sabtu (18/5/2019) pagi WIB.

Dengan kemenangan ini maka Bucks cuma butuh dua kali kemenangan lagi untuk lolos ke final NBA. Dua laga berikutnya akan gantian digelar di kandang Raptors. 

Bucks tampil dominan sejak pertandingan dimulai. Mereka sempat unggul 18 poin di kuarter pertama berkat sembilan poin dari Nikola Mirotic.

Raptors tak mampu bangkit di kuarter dua. Justru margin keunggulan Bucks terus melebar. Saat jeda babak pertama, Bucks sudah unggul 25 poin.

Baru di kuarter tiga permainan Raptors membaik. Dimotori Kawhi Leonard, Raptors bisa memangkas jarak menjadi 17 poin. Namun momentum kebangkitan ini tak bertahan lama. Bucks kembali menjauh di kuarter tiga dan menang dengan selisih 22 poin.

 

Giannis

Giannis Antetokounmpo menjadi bintang kemenangan Bucks. Dia membiet 30 poin ditambah 17 rebound. Pemain cadangan Ersan Ilyasova menambahkan 17 poin untuk Bucks.

Bintang Raptors Kawhi Leonard pada laga ini mencetak 31 poin dan delapan rebound.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Pengganti Marcelo, Real Madrid Incar Bintang Lyon

Posted: 17 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Real Madrid dikabarkan akan mendatangkan Ferland Mendy dari Olympique Lyon di musim panas nanti. Zidane sendiri diberitakan tengah tidak puas dengan dua bek kiri mereka, Marcelo dan Sergio Reguilon.

Kedua pemain ini tampil tidak stabil sepanjang musim ini, sehingga gawang Real Madrid banyak kebobolan musim ini.

Zidane sendiri diberitakan gelisah dengan kondisi tersebut. Untuk itu ia berencana membeli bek kiri baru di musim panas nanti.

Dilansir AS, ZIdane sudah menemukan kandidat yang tepat untuk lini pertahanan Real Madrid. Sang pelatih ingin mendatangkan Ferland Mendy yang saat ini memperkuat Olympique Lyon.

Performa Impresif

Mendy sendiri sejatinya baru bergabung dengan Lyon pada tahun 2017 silam. Namun dalam waktu singkat ia berhasil menjadi pemain utama Lyon.

Musim ini ia tercatat bermain sebanyak 42 kali bagi Lyon. Ia berhasil membuat 3 gol dan 3 assist bagi klub Prancis itu, sehingga timnya saat ini berada di peringkat 3 klasemen sementara Ligue 1.

Zidane dikabarkan sangat tertarik untuk mendatangkan Mendy, di mana ia yakin sang pemuda bakal cocok dengan skema permainannya musim depan.

 

Skema Permainan

Menurut laporan tersebut, pada awal musim depan ia akan memplot Marcelo sebagai bek kiri utama Real Madrid. Jika performa Marcelo kembali inkonsisten, maka ia akan memberikan posisi itu kepada Mendy.

Mendy sendiri diproyeksikan menjadi pengganti Marcelo di masa depan. Pasalnya Marcelo dirumorkan ingin pergi dari Madrid sehingga ZIdane mulai mengambil langkah antisipasi.

Sementara musim depan, Zidane berencana meminjamkan Sergio Reguilon ke klub La Liga lainnya agar sang pemuda mendapatkan jam bermain yang cukup untuk mengeluarkan potensi kemampuannya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Gelar Pemilu Hari Ini, Kedua Bakal PM Optimis Menang

Posted: 17 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Melbourne - Pemilihan umum Australia dimulai pada hari ini, Sabtu 18 Mei 2019. Pemilu kali ini akan memilih anggota parlemen ke-46 Negeri Kanguru.

Australia mengadakan pemilihan setiap tiga tahun. Dalam pemilu kali ini, sebanyak 16,4 juta pemilih telah terdaftar, demikian sebagaimana dikutip dari BBC News pada Sabtu (18/5/2019).

Warga Negeri Kanguru akan memilih pertama kalinya sejak adanya pertikaian politik yang menggulingkan keempat kalinya pemimpin dalam satu dekade.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison sangat optimis memenangkan pemilu, dengan mengaku telah menyatukan pemerintah konservatif dalam sembilan bulan sejak ia menggantikan Malcolm Turnbull.

Sementara itu, pemimpin kubu oposisi Bill Shorten telah menekankan adanya alternatif kebijakan yang jelas.

Keduanya telah melakukan pemungutan suara pada Sabtu pagi.

Survei Telah Dilaksanakan

Scott Morrison terpilih sebagai perdana menteri baru Australia menggantikan Malcolm Turnbull. (AP Photo)

Jajak pendapat terkait pemilu kali ini telah dilaksanakan pada 18 Mei 2019 lalu, dua hari setelah kematian Bob Hawke - seorang mantan perdana menteri dengan prestasi yang dipuji oleh seluruh spektrum politik.

Dari survei itu, diketahui bahwa aspek ekonomi, biaya hidup, lingkungan dan kesehatan menjadi perhatian utama para pemilih.

Dalam segmen pemilih pemuda, mereka mengatakan frustrasi dengan perubahan iklim dan kurangnya perumahan dengan harga terjangkau. Sementara kalangan yang lebih tua memiliki fokus terhadap proposal reformasi pajak yang mendominasi sebagia besar substansi kampanye semua kubu.

Sementara isu lain yang tetap menjadi pekerjaan rumah bagi siapapun yang terpilih dalam pemilu kali ini, setidaknya dua hal. Keduanya adalah pengakuan formal penduduk asli Australia dan perlakuan terhadap politikus perempuan di parlemen.

 

 

Jelang Pemilu, Warga Australia Pusing

Bendera negara Australia - AFP

Warga Australia mengaku "stress" dan "khawatir" dengan apa yang dikatakan para politisi di media, saat menjelang pemilu.

Salah satunya dialami Roen Meijers, seorang warga Australia yang bekerja sebagai advokat di bidang difabel dan juga seorang transeksual asal kota Hobart, Tasmania.

Ia merasa "ada banyak ketakutan dan kecemasan" menjelang pemilihan federal tahun ini.

"Saya hidup dengan disabilitas dan secara profesional saya membantu orang-orang yang hidup dengan disabilitas, jadi seperti dua sisi mata uang," ujar kepada ABC Life, dikutip dari ABC Indonesia.

Roen mengaku memiliki banyak teman dan anggota di komunitasnya yang benar-benar hidup dengan kesulitan.

Tapi ia mengatakan ketika para politisi berbicara dengan cara meremehkan beberapa kelompok masyarakat selama kampanye pemilu demi mendapat dukungan, hal ini malah membuat mereka merasa menjadi target dan semakin terisolasi.

"Banyak orangtua yang menangis, terutama, mengatakan, 'Setiap kali ada musim kampanye, saya tak tahu apakah anak-anak saya akan baik-baik saja atau tidak setelah saya meninggal."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indahnya Khazanah Lagu Religi di Lazada Simfoni Ramadan SCTV

Posted: 17 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lazada Simfoni Ramadan menjadi tayangan musik spesial di SCTV. Konser musik indah ini ditayangkan live di SCTV, Senin (13/5/2019) malam lalu. Ada catatan menarik yang bisa dicermati meski panggung musik yang dikemas oleh Andi Rianto dan Magenta Orchestra ini sudah berlalu. 

Panggung musik Lazada Simfoni Ramadan di SCTV mengingatkan kita bahwa industri musik Tanah Air memiliki khazanah lagu religi yang cukup banyak dan indah. Setelah era tembang Bimbo, ada Opick yang mengisi lini lagu-lagu penenang hati dan puji-pujian bagi Sang Khalik. 

Bahkan, sejumlah lagu di industri pop mainstream pun sejatinya memiliki lirik yang religius dan membawa pesan universal yang manis. Sejak dulu lagu-lagu religi itu hadir menyemarakkan Ramadan di Tanah Air, entah di mall, tempat umum ataupun televisi.

Ternyata. semua itu tersaji kembali dalam 2 jam durasi konser Lazada Simfoni Ramadan di SCTV, beberapa waktu lalu. Ada sederet penyanyi top yang membawakan tembang-tembang indah itu, sebut saja BCL, Yura Yunita dan masih banyak lagi. 

Duet Ayah Anak

Lazada Simfoni Ramadan ditayangkan SCTV live Senin, 13 Mei 2019

Adera berduet dengan ayahnya, Ebiet G Ade, dalam tembang "Untuk Kita Renungkan". Inilah hit lama Ebiet, penyanyi legendaris itu.

Di industri musik Tanah Air di era tahun 1980-an, lagu ini tak dikenal sebagai pop religi. Namun, sejatinya liriknya yang mendalam bisa menjadikan "Untuk Kita Renungkan" sebagai tembang indah religi yang universal. 

Duet ayah-anak di panggung Lazada Simfoni Ramadan juga memanggungkan Zara Leola-Enda Ungu dalam hit lama Ungu "Andai Ku Tahu" serta Arsyi Widianto-Yovie Widianto dalam lagu baru "Indahnya Ramadan". Lagu ini fressh from the oven karena baru diciptakan Yovie. 

Duet Lesti-Virzha dalam Perdamaian

Lazada Simfoni Ramadan ditayangkan SCTV live Senin, 13 Mei 2019

Di era tahun 1980-an, penyanyi qasidah mendapat tempat di hati pencinta musik Indonesia. Salah satu hit yang legendaris sampai sekarang dari genre musik ini adalah lagu "Perdamaian". 

Hit Nasida Ria ini sempat didaur ulang oleh grup band GIGI, beberapa tahun lalu. Dan, di panggung Lazada Simfoni Ramadan dibawakan duet oleh Lesti dan Virzha. 

Di bagian lain, Lesti juga mencuri perhatian dengan tembang "Dengan Menyebut Nama Allah". Pertengahan tahun 1990-an, lagu yang dipopulerkan Novia Kolopaling menjadi semacam lagu religi banyak orang. 

Lazada Simfoni Ramadan ditayangkan SCTV live Senin, 13 Mei 2019

Duet BCL-Yura Yunita

Lazada Simfoni Ramadan ditayangkan SCTV live Senin, 13 Mei 2019

Generasi milenial mungkin tak kenal lagu "Kidung". Inilah hit milik grup Elpamas yang ngetop di tahun 1980-an. Dan di awal tahun 1990-an, sempat dibawakan kembali oleh mendiang Chrisye berkolaborasi dengan Rafika Duri serta Trio Libels.

Tapi lagu itu tetap enak dinikmati saat ini, di panggung Lazada Simfoni Ramadan yang digelar di Balai Sarbini, beberapa wkatu lalu. Itu salah satunya lantaran hadir kembali lewat duet Bunga Citra Lestari alias BCL dan Yura Yunita dengan aransmen cantik Andi Rianto. 

Yura pun sempat bawakan solo tembang "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" milik Chrisye. Sementara BCL bawakan "Damai BersamaMu" juga milik mendiang penyanyi yang meninggal di tahun 2007 itu. 

"Ketika Tangan dan Kaki Berkata" liriknya ditulis penyair Taufik Ismail. Bertenaga sebagai lagu religi lantaran terinspirasi dari ayat Alquran. Sementara, "Damai Bersamamu" yang dipopulerkan Chrisye di awal tahun 1990-an, buah karya Johnny Sahilatua. Universal pesannya. 

Lagu-Lagu Bimbo

Lazada Simfoni Ramadan ditayangkan SCTV live Senin, 13 Mei 2019

Dan, bicara lagu-lagu religi Tanah Air, sebelum era Opick yang karyanya menjadi semacam overture di awal konser Lazada Simfoni Ramadan SCTV ini, ada deretan tembang milik Bimbo. 

Di era tahun 1980-an grup musik yang diawaki adik kakak keluarga Hardjakusumah asal Bandung membuat lagu-lagu pop qasidah modern. Awalnya adalah lagu-lagu kisah Nabi yang bukan hanya asyik dibawakan anak-anak tapi juga didendangkan orang dewasa. 

Sam Bimbo dan adik-adiknya berkolaborasi dengan Taufik Ismail dalam beberapa lagu religi mereka dalam penulisan syair. Dan, lagu-lagu legendaris religi Bimbo itu dihadirkan kembali. Sebut saja lagu "Anak Bertanya" dan "Sajadah Panjang". 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Shopee Liga 1 2019, Striker Persib Punya Gaya Rambut Baru

Posted: 17 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ezechiel N'Douassel tidak hanya siap secara fisik dan mental untuk melakoni laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 bersama Persib Bandung. Menyambut musim baru ini, ia itu juga mempersiapkan gaya rambut baru yang lebih keren.

Selain mempertajam gaya mohawk, striker Persib asal Chad itu juga memberikan identitas di rambut barunya dengan sebuah logo mahkota raja. Sesuai dengan julukan King (raja) yang melekat di dalam dirinya.

"Ya bagus. Ada logo King. Seperti julukan saya, King Eze," ujar Ezechiel sembari tertawa di Bandung seperti dikutip dari laman resmi Persib.

Di Instagram, model rambut terbaru Ezechiel ini mulai viral. Tidak sedikit yang memuji sekaligus mendoakannya agar menjadi lebih tajam di Liga 1 2019 nanti.

"Beuki ganteng atuh kang isuk kudu ngagolkeun cing lobanya," tulis salah seorang pendukung Persib, @st.anisaa di Instagram.

 

Bidik Poin Penuh

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts bertekad menghadirkan kemenangan di laga pertama Shopee Liga 1 2019. (Huyogo Simbolon)

Persib akan menjamu Persipura Jayapura di pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Laga ini bakal dimainkan di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/5/2019) pukul 20.30 WIB.

Pelatih Persib Robert Alberts sudah menyiapkan starting eleven terbaiknya untuk laga ini. Tetapi, juru taktik asal Belanda itu tidak mengungkapkan nama-nama pemain yang bakal tampil.

"Saya tidak bisa mengkonfirmasi di sini, tapi yang pasti starting eleven sudah saya siapkan," ujar pelatih yang baru musim ini menangani Persib. 

Selalu Kesulitan

Dalam dua musim terakhir, Persib sering kesulitan meraih kemenangan pada laga perdana. Pada Liga 1 2017, Maung Bandung ditahan Arema FC 0-0. Hasil imbang juga dialami Persib pada laga perdana Liga 1 2018 saat menjamu PS Tira 1-1.

Menanggapi statistik tersebut, Robert tidak mau ambil pusing. "Sejauh ini, laga pertama selalu sulit bagi Persib untuk menang. Tapi, seperti yang saya bilang, selalu fokus tiga pojn. Saya juga tidak lihat hasil di masa lalu," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Lupa Perhatikan Kondisi Ban Selama Perjalanan Mudik

Posted: 17 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam persiapan terkait performa kendaraan harus diperhatikan agar nyaman dan aman saat perjalanan mudik mendatang.

Akan menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer, beberapa komponen penting pada mobil wajib dijaga, salah satunya ban. Sebelum melakukan perjalan mudik pemilik kendaran wajib memeriksa lebih dulu kondisi ban.

Terkait hal itu, National Sales Manager PT Hankook Tire Indonesia, Apriyanto Yuwono mengatakan, ada dua hal yang perlu diperhatikan pengendara agar ban mampu bekerja secara optimal saat mudik.

Hal pertama yang wajib diperhatikan ialah tekanan angin pada ban. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan pada kendaraan yang digunakan.

"Memang nyawa ban itu ada pada tekanan anginnya, tekanan angin harus standar, standar dari kendaraannya itu sendiri pasti ada, ada rekomendasi dari pabrik," katanya di Jakarta, Selasa (14/5) malam.

Gaya Berkendara

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan ialah gaya berkendara. Pengemudi dihimbau untuk tetap waspada dan dalam kondisi prima. Usahakan menghindari jalan-jalan rusak. Jika harus melewati jalan rusak, sebaiknya gunakan kecepatan rendah.

"Jangan lupakan juga cara mengemudi harus konstan, karena itu juga berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar," ujar Apriyanto.

Setelah tiba di kampung halaman, pengendara juga wajib mengecek kembali tekanan angin ban agar kondisinya tetap prima dan terjaga.

"Tetap ada pengecekan angin seminggu atau dua minggu sekali, karena memang ban itu kan terbuat dari karet, pasti ada celah-celah kecil yang bisa membuat angin keluar," tutur Apriyanto.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menunggu Sosok Pimpinan Lembaga Anti Rasuah dari Pansel KPK

Posted: 17 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah resmi terbentuk. Pansel yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini terdiri dari sembilan anggota.

Penetapan Pansel KPK tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 54/P Tahun 2019 dan telah ditandatangani Jokowi, Jumat, 17 Mei 2019.

Tugas mereka adalah menyeleksi para calon pimpinan KPK yang baru untuk periode 2019-2023 usai Agus Rahardjo akan segera mengakhiri masa tugasnya atau pensiun di penghujung tahun ini.

Pansel berisi orang-orang yang berintegritas dan paham dengan kondisi di lembaga antirasuah tersebut.

"Ada dari akademisi ada dari praktisi ada dari pemerintah, ada dari NGO, gabung-gabung. Satu-satu kita lihat. Ya kayak lima tahun yang lalu satu persatu kita lihat ya minggu ini kita akan tanda tangani," tegas Presiden Jokowi.

Berikut sejumlah fakta terkait Pansel KPK bentukan Jokowi yang telah resmi dibentuk:

Ketua Pansel KPK

Pakar hukum pidana dari Universitas Trisakti Yenti Ganarsih (kanan) saat diskusi Bincang Senator dengan tema

Presiden Jokowi telah menetapkan sembilan anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) masa jabatan 2019-2023.

Yenti Ganarsih dipilih mengepalai pansel tersebut. Atas tanggung jawab tersebut, Yenti berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan menganggap sebagai ibadah.

"Ini kepercayaan dari Presiden, amanah," tutur Yenti dalam keterangannya kepada Liputan6.com, Jumat (17/5/2019).

Yenti Ganarsih merupakan seorang akademisi dan dosen di Fakultas Hukum Universitas Trisakti.

Satu harapannya, agar Pansel KPK yang terdiri dari para akademisi, pakar hukum dan HAM, serta unsur LSM dan pemerintah ini bisa bekerja maksimal dalam upaya pemberantasan praktik korupsi yang marak terjadi di Indonesia.

"Mohon doa untuk menghasilkan komisioner yang semakin baik dan pencegahan serta pemberantasan korupsi di Indonesia bisa berhasil dengan baik," kata Yenti. 

Anggota Pansel

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK merilis Indeks Penilaian Integritas 2017. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ada sembilan orang yang akan mengisi Pansel KPK bentukan Jokowi. Delapan orang yang akan membantu Yenti, terdiri dari pakar dan ahli di bidangnya masing-masing. Siapa saja?

Wakil Ketua Pansel KPK yang dipilih Presiden Jokowi adalah Guru Besar Hukum Pidana Universitas Indonesia dan mantan Plt Pimpinan KPK, Indriyanto Senoadji.

Sementara anggotanya yakni akademisi juga pakar hukum pidana dan Hak Asasi Manusia (HAM), Harkristuti Harkrisnowo; pakar hukum pidana Universitas Gadjah Mada, Marcus Priyo Gunarto; dan pakar psikologi Universitas Indonesia Hamdi Moeloek.

Kemudian Staf Ahli Bappenas, Diani Sadia Wati; Djrjen HAM Kementerian Hukum dan HAM, Mualimin Abdi; Hendardi, pendiri Setara Institute, Hendardi; dan Direktur Imparsial Al Araf.

Kesimbalan orang inilah yang nantinya akan membantu Jokowi menyaring dan mengusulkan nama-nama calon pimpinan KPK hingga terbentuk untuk periode 2019-2023.

  

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Kredibel

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai, sembilan orang yang ditetapkan sebagai panitia seleksi (pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023 adalah tokoh-tokoh yang kredibel.

"Saya kira pansel (calon pimpinan KPK), figur-figurnya sangat kredibel dan memiliki kapasitas untuk menyeleksi," kata Presiden Jokowi di Pasar Badung, Bali, Sabtu (18/5/2019) seperti dilansir Antara.

"Kita harapkan panitia seleksi, beliau-beliau ini yang menyeleksi calon ketua, komisioner di KPK. Serahkan pada pansel," tambah Presiden.

Namun Presiden mengingatkan, keputusan akhir siapa yang akan menduduki jabatan komisioner KPK diputuskan oleh DPR.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tol Trans Sumatera Bakal Diberlakukan Ganjil Genap Saat Mudik Lebaran

Posted: 17 May 2019 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung berencana memberlakukan sistem genap ganjil di Tol Trans Sumatera saat terjadi penumpukan kendaraan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

"Rencananya jika jumlah kendaraan membludak maka akan diberlakukan sistem genap ganjil," kata Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Zahwani Pandra Arsyad di Bandarlampung, sepertin dikutip dari Antara, Sabtu (18/5/2019).

Menghadapi arus mudik mulai H-10 mendatang, Polda Lampung telah menyiapkan beberapa persiapan seperti pengecekan kelayakan jalan tol, rest area, kesiapan anggota, dan mengantisipasi tindak kriminalisasi pada arus mudik mendatang.

"Kami bersama Kakorlantas sudah mengecek kelayakan jalan tol Trans Sumatera yang akan dilalui. Kita juga sudah berkoordinasi dengan forum lalulintas dan angkutan jalan (LLAJ)," kata dia.

Selain itu, Polda Lampung khususnya pada Polres Lampung Selatan, sedang mengidentifikasi letak-letak titik rawan kejahatan pada jalur-jalur yang akan dilalui para pemudik.

"Untuk mengantisipasi tindakan kriminalitas anggota yang telah disiapkan nantinya akan ditempatkan di pos pengamanan (Pos Pam) maupun posko terpadu lainnya termasuk nantinya akan kita tempatkan di pelabuhan, bandara, terminal, stasiun dan lainnya," kata Pandra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tren Kecantikan Tak Biasa Ini Bikin Geleng Kepala

Posted: 17 May 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di era modern saat ini banyak sekali tren yang bermunculan. Mulai dari tren gaya busana bahkan hingga tren kecantikan. Namun seiring bermunculan berbagai tren kecantikan, ada saja yang membuatnya tampak unik.

Berbagai tren kecantikan yang mulai bermunculan tentu saja membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Tren yang cukup banyak muncul soal kecantikan ialah tren membuat alis. Jika biasanya alis ditata sedemikian rupa hanya ingin membuatnya tampak lebih berisi namun rapi. Maka tren yang bermunculan ialah bentuk alis yang cukup aneh.

Tentu saja tren ini tidak benar-benar dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Namun tetap saja jika melihat postingan di media sosial banyak orang akan geleng-geleng kepala.

Dilansir Liputan6.com dari Brightside, Sabtu (18/5/2019) beberapa tren kecantikan unik dan tak biasa ini akan membuat kamu geleng-geleng kepala. Mulai dari berbagai bentuk alis hingga ekstensi bulu hidung.

Berikut beberapa tren kecantikan tak biasa yang bisa bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Pernah berpikir untuk mencoba lip art dengan gaya ini?

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/kat_roux)

2. Gelombang air laut jadi inspirasi penataan alis

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/beautybekky)

3. Nail art dari sukulen mini

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/arozona)

4. Alis dengan taman bunga

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/krabowinka)

5. Rambut pelangi juga pernah jadi tren

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/__snegga__)

6. Bukan hanya pelangi tapi ada juga tren rambut glow in the dark lho.

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/kyliesskins)

7. Tertarik untuk mencoba ekstensi bulu hidung?

Tren kecantikan unik (Sumber: Instagram/taytay_xx)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Pekan Terakhir: Siapa Lolos ke Liga Champions?

Posted: 17 May 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga Spanyol telah memasuki pekan terakhir. Pada Sabtu (18/5/2019), ada tiga klub yang akan bersaing memperebutkan satu tiket tersisa ke Liga Champions musim depan dengan finis di urutan empat.

Dalam jadwal Liga Spanyol pekan ke-38, Valencia akan menghadapi Real Valladolid. Bila Valencia kalah, mereka bisa kehilangan tempat di Liga Champions musim depan asalkan Getafe bermain imbang melawan Villarreal.

Getafe, klub yang sekota dengan Real Madrid itu memiliki poin yang sama dengan Valencia, 58, tapi kalah selisih gol. Sedangkan posisi keenam dihuni Sevilla dengan 56 poin.

Klub asal Andalusia ini masih harus menanti bagaimana hasil klub saingan di Jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini. Meski menang, Sevilla belum bisa pasti lolos.

Berikut jadwal Liga Spanyol pekan terakhir selengkapnya:

Jadwal Nanti Malam

Sabtu (18/5/2019) dan Minggu Dinihari

18.00 WIB Levante Vs Atletico Madrid

21.15 WIB Espanyol Vs Real Sociedad

21.15 WIB Getafe Vs Villarreal

21.15 WIB Sevilla Vs Athletic Bilbao

21.15 WIB Real Valladolid vs Valencia

01.45 WIB Deportivo Alaves Vs Girona

01.45 WIB Celta Vigo Vs Rayo Vallecano

01.45 WIB Huesca Vs Leganes

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atletico Madrid Pasrah, Rodri Terus Diincar Manchester City

Posted: 17 May 2019 08:10 PM PDT

Jakarta Atletico Madrid siap jika harus kehilangan gelandang andalannya, Rodri Hernandez. Hal ini disampaikan CEO Atletico Madrid, Enrique Cerezo.

Pemain berusia 22 tahun tersebut dibidik Manchester City sebagai suksesor Fernandinho di lini tengah.

Rodri dikabarkan berada di daftar teratas pemain buruan Pep Guardiola. Cerezo memasang klausul pelepasan sebesar 70 juta euro (Rp 1,1 miliar) bagi klub yang ingin mendapatkan Rodri.

"Saat ini Rodrigo adalah pemain Atletico Madrid," kata Cerezo pada program radio Spanyol El Partidazo de COPE, Jumat (17/5/2019). 

"Tetapi jika dia mendapat tawaran dari klub lain, dia tidak akan pergi hanya karena kami yang menginginkan dia hengkang. Dia akan pergi hanya karena dia yang menginginkannya," imbuh Cerezo.

Rodri datang ke Atletico Madrid dari Villareal pada musim panas tahun lalu dengan durasi kontrak lima tahun. Selama berada di Atletico, Rodri telah bermain sebanyak 46 laga dengan mencetak dua gol.

Manchester City ingin merekrut Rodri untuk menggantikan Fernandinho yang kini sudah berusia 34 tahun. Pemain asal Brasil itu jelas tidak bisa bertahan lama lagi di City.

Guardiola menyatakan niatnya untuk meningkatkan kualitas pemainnya musim depan. Musim ini Manchester City berhasil merengkuh dua gelar domestik yakni Premier League dan Piala Liga Inggris. City masih berpeluang mencatatkan sejarah dengan meraih treble gelar domestik untuk pertama kalinya jika berhasil mengandaskan perlawanan Watford di partai puncak Piala FA Sabtu (18/5/2019).

"Saya pernah menang di Spanyol dan Jerman, tetapi gelar yang kami (City) dapat ini yang paling sulit melihat rival yang harus kami hadapi sepanjang musim," kata Guardiola.

"Kami sangat lelah, tetapi kami juga ketagihan untuk juara," tambahnya.

"Dan pada hari Sabtu kami memiliki final Piala FA dan kami siap untuk bersaing. Tidak ada tim di Inggris yang pernah melakukan treble sebelumnya."

 "Kami memiliki kesempatan itu. Kami harus fokus melawan Watford," kata pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

 

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inikah Mobil Baru Mitsubishi yang Segera Lahir di Indonesia?

Posted: 17 May 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) siap memperkenalkan produk baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

"Di GIIAS kami akan memperkenalkan beberapa produk baru," terang Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura di Jakarta, Jumat (17/5) malam.

Sayangnya, ia enggan merinci model terbaru apa yang bakal dirilis nanti. "Tolong tunggu saja," katanya.

Jawaban senada turut diutarakan Director of Sales & Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro.

"Seperti yang tadi disampaikan Nakamura kami akan menghadirkan beberapa model, tapi tidak bisa kita bocorkan sekarang. Jadi kita tunggu saja," katanya.

Belakangan, Mitsubishi Eclipse Cross disebut-sebut bakal mengisi pasar Indonesia. Spekulasi yang berkembang, Eclipse Cross didatangkan untuk mengganti posisi Outlander Sport.

 

Model Lain

Model lain yang bakal diluncurkan, bisa jadi generasi terbaru dari Mitsubishi Triton. Mobil pekerja keras yang dirilis di Thailand pada November 2018 itu sempat disebut Irwan akan dirilis pada tahun ini.

"Kita tidak akan introduce tahun ini (2018), kami pertimbangkan tahun depan (2019)," terangnya di Muang Thong Thani, Thailand, Jumat (9 November 2018).

Saat itu dirinya beralasan, pihaknya masih mempelajari segala sesuatunya dari Triton terbaru ini.

"Kenapa tahun depan karena kami masih mempelajari semuanya termasuk perencanaan spesifikasi dan lain sebagainya

 

Ubahan Triton

Sekadar informasi, dari segi tampilan new Mitsubishi Triton berubah total. Kini tampilannya jauh lebih gagah dan modern dari pendahulunya.

Tampangnya kini tak lagi kaku seperti kendaraan niaga pada umumnya. Pasalnya, new Mitsubihsi Triton telah mengadopsi bahasa design Dynamic Shield seperti halnya Pajero Sport ataupun Xpander.

Lampu utama menggunakan proyektor yang dikombinasikan dengan day time running lights (DRL) LED. Kap mesinnya dibuat lebih tinggi sehingga terlihat semakin kekar. Pada samping, garis bodi dibuat tajam. Tidak cuma lampu depan, desain lampu belakang juga berubah. Secara visual, mirip dengan Pajero Sport.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imigrasi: Prabowo ke Brunei pada 16 Mei 2019

Posted: 17 May 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dikabarkan terbang ke Brunei Darussalam. Kabar ini dibenarkan oleh pihak Direktorat Jenderal Imigasi.

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Sam Fernando mengatakan, Prabowo terbang ke Brunei pada 16 Mei 2019.

"Berdasarkan informasi yang beredar Pak Prabowo pergi ke Bandar Sri Begawan dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei kemarin," kata Sam Fernando kepada Liputan6.com, Sabtu (18/5/2019).

Dia mengatakan, Prabowo terbang menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. "Kalau dari manifesnya, ada 12 nama lain yang terdaftar bersama beliau," kata Sam.

"Arrived pada hari dan tanggal yang sama jam 20.12," kata Sam Fernando.

Kabar Prabowo ke luar negeri yaitu ke Brunei sebelumnya dibantah oleh Koordinator Jubir BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak. Hal ini dikatakan Dahnil terkait foto Prabowo Subianto yang tengah berada di bandara yang diduga di Brunei Darussalam beredar.

Dahnil mengatakan, foto yang beredar tersebut merupakan gambar lama. Sebab, pada Jumat 17 Mei 2019 hingga malam, Prabowo berada di kediamannya.

"Siang tadi Pak Prabowo Salat Jumat di Hambalang, dan sampai malam tadi beraktivitas di Kertanegara 4. Jadi, foto-foto yang tersebar benar foto beliau ke LN, namun foto lama, jd adl fitnah apa yang disebar oleh situs penebar hoax seperti seword ini," tulis Dahnil dalam akun twitternya, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam foto tersebut, tampak Prabowo bersama Waketum Gerindra Sugiono dan Ustaz Sambo. Prabowo tampak mengenakan setelan jas hitam dan berkacamata hitam.

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade juga mengatakan, Prabowo tidak berada di Brunei Darussalam.

"Iya, kalau malam tidur di Hambalang. Siang atau sore nyampe di Kertanegara, kalau malam balik lagi," kata Andre saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu.

Dia pun menegaskan, Prabowo tidak ada niatan ke luar negeri. "Tidak ada," kata Andre.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenang Sang Arsitek, Karyawan Museum Louvre Akan Berkumpul di Piramida Kaca

Posted: 17 May 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Museum Louvre Paris memberi penghormatan kepada IM Pei, arsitek bangunannya yang berupa piramida kaca raksasa. Pria yang meninggal dunia pada usia 102 tahun.

Seperti diberitakan VOA Indonesia, Sabtu (18/5/2019), para karyawan Louvre akan berkumpul hari Jumat sore 17 Mei waktu setempat di bawah piramida itu untuk mengenang Pei.

Presiden direktur Louvre, Jean-Luc Martinez, menyatakan kesedihanya yang sangat besar.

Mantan menteri kebudayaan Prancis, Jack Lang, yang menjabat sewaktu rencana piramida itu diungkapkan pada tahun 1984, mengenang Pei sebagai "lelaki sangat lembut" yang mengundang respek karena "Pei sendiri sangat menghormati sejarah negara itu."

Proyek yang diluncurkan Presiden Francois Mitterrand itu menghadapi banyak kontroversi.

"Ini menunjukkan bahwa kita tidak boleh takut untuk tampil berani karena pada akhirnya, kalau Anda mengandalkan pada kecerdasan dan keindahan, ini akan berhasil," kata Lang kepada kantor berita Associated Press hari Jumat."

Sosok Gigih

I M Pei, arsitek di balik bangunan termasuk piramida kaca di luar Museum Louvre Paris. (AFP)

Kematian sosok di balik salah satu landmark ternama di Paris itu dikonfirmasi pada Kamis 16 Mei 2019 oleh Marc Diamond, juru bicara firma arsitek New York, Pei Cobb Freed & Partners. Salah satu putra Pei, Li Chung Pei, mengatakan kepada The New York Times bahwa ayahnya telah meninggal pada dini hari saat pergantian Rabu malam ke hari Kamis.

BBC yang dikutip Jumat (17/5/2019) melaporkan bahwa penghormatan terakhir untuk I M Pei terus mengalir, mengenang jasanya merancang struktur ikonik di seluruh dunia. Desain pria yang karib disapa Pei itu terkenal karena penekanannya pada geometri presisi, permukaan polos, dan cahaya alami.

Dia bahkan terus bekerja dengan baik hingga usia lanjut, menciptakan salah satu karya agungnya yang paling terkenal - Museum Seni Islam di Doha, Qatar - pada usia 80-an.

Selain piramida kaca di Paris, proyek-proyeknya yang disegani termasuk Hall of Fame dan Museum Rock and Roll di Cleveland, Ohio; Miho Museum of Shigo, Jepang; Pusat Simfoni Morton Meyerson di Dallas, Texas, dan Perpustakaan John F. Kennedy di Boston, Massachusetts.

Seniman Pragmatis Pecinta Arsitektur Islam

Ieoh Ming Pei lahir di Guangzhou, China pada tahun 1917, putra bankir Ieoh Ming Pei datang ke AS pada usia 17 tahun untuk belajar arsitektur, menerima gelar sarjana di bidangnya dari Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1940.

Dia kemudian mendaftar di Sekolah Pascasarjana Desain Universitas Harvard, di mana dia menerima gelar master di bidang arsitektur pada tahun 1946. Lalu menjadi warga negara AS yang dinaturalisasi pada tahun 1954.

Dia awalnya bekerja sebagai ilmuwan riset untuk pemerintah AS selama Perang Dunia Kedua. Kemudian Pei bekerja sebagai arsitek, mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1955.

Tercatat sebagai salah satu arsitek paling produktif di abad ke-20, ia telah merancang bangunan kota, hotel, sekolah, dan bangunan lainnya di seluruh Amerika Utara, Asia, dan Eropa.

Gayanya digambarkan sebagai modernis dengan tema-tema cubist, dan dipengaruhi oleh kecintaannya pada arsitektur Islam. Bahan bangunan kesukaannya adalah kaca dan baja, dengan kombinasi beton.

Meraih Sejumlah Penghargaan Bergengsi

Miniatur dari Louvre di Paris, Perancis dipamerkan saat acara Gulliver's Gate di Times Square, New York City, Senin (10/4). Gulliver's Gate menjadi semacam gerbang untuk menjelajah dunia dalam tempo singkat. (AFP PHOTO / TIMOTHY A)

Pei memicu kontroversi untuk piramidnya di Museum Louvre. Tapi kini, struktur kaca karyanya yang selesai pada tahun 1989 adalah salah satu landmark paling terkenal di Paris.

Karyanya yang lain termasuk Dallas City Hall dan Miho Museum Jepang.

"Saya percaya bahwa arsitektur adalah seni pragmatis. Untuk menjadi seni itu harus dibangun di atas dasar kebutuhan," katanya suatu ketika.

Ieoh Ming Pei pernah memenangkan berbagai penghargaan dan hadiah atas bangunan kreasinya, termasuk Medali Emas AIA, Praemium Imperiale for Architecture.

Pada tahun 1983, Pei juga pernah diberi Penghargaan Pritzker yang bergengsi. Juri mengatakan bahwa dia "telah memberikan abad ini beberapa ruang interior dan bentuk eksterior yang paling indah".

Dia kemudian menggunakan uang hadiah sebesar $ 100,000 yang diperolehnya untuk memulai dana beasiswa bagi siswa China untuk belajar arsitektur di Amerika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hindari Minum Kopi Saat Sakit Kepala

Posted: 17 May 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bila sakit kepala menyerang, ada baiknya membatasi asupan kafein. Lebih baik minum air putih saja daripada kopi.

Kafein pada kopi mampu meningkatkan kontraksi pembuluh darah dan meredakan pembengkakan, serta meregangkan otot di sekitarnya. Walaupun kopi mampu meredakan rasa sakit, tapi jika dikonsumsi berlebihan juga bisa membuat ototmu pegal dan rasa sakitmu meningkat seperti dilansir Times of India.

Sama seperti efek kopi yang tidak selalu bisa membuat semua orang 'bangun' atau merasa gelisah. Jadi, sebaiknya, jangan bergantung pada kopi untuk meredakan rasa sakit. Efeknya juga bergantung pada jumlah cangkir kopi yang sudah dikonsumsi.

Normalnya, konsumsi kopi adalah 1-2 cangkir per hari. Tapi jika dikonsumi berlebihan, dampaknya tidak akan baik bagi tubuh dan membuatmu gelisah. Apalagi jika sedang sakit kepala.

 

Minum kopi bisa membuat perut mulas, apa penyebabnya? (Kikovic/shutterstock)

Sebaiknya, kamu tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein saat sakit kepala atau migrain dan tidak memiliki obat. Hal tersebut karena rata-rata minuman berkafein juga mengandung neuro stimulan yang malah memperparah sakit kepala.

Minuman berkafein juga mengandung banyak gula yang kurang baik bagi kesehatan. Jadi, minum kopi saat sakit kepala bukanlah keputusan tepat.

 

Penulis: Cynthia Amanda/Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Boeing Perbarui Software 737 Max Penyebab JT 610 Jatuh

Posted: 17 May 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Boeing telah selesai perbarui perangkat lunak yang dituding sebagai penyebab jatuhnya pesawat JT 610 dan ET 302.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Muslim Pulau di Mozambik Sambut Ramadan dengan Kehancuran Akibat Topan

Posted: 17 May 2019 08:00 PM PDT

Pria Muslim berbagi sebotol air untuk berbuka puasa sebelum melaksanakan  salat magrib di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Pria Muslim berbagi sebotol air untuk berbuka puasa sebelum melaksanakan salat magrib di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Para wanita muslim mengambil air untuk wudhu saat mereka bersiap melaksanakan salat di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Para wanita muslim mengambil air untuk wudhu saat mereka bersiap melaksanakan salat di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Rajabu Salima, 27, mengenakan topi kufi saat memasuki masjid untuk salat pada bulan ramadan di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Rajabu Salima, 27, mengenakan topi kufi saat memasuki masjid untuk salat pada bulan ramadan di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Seorang gadis melintasi sebuah madrasah yang hancur akibat topan Kenneth pada bulan lalu di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 13 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas. (Zinyange Auntony/AFP)

Seorang gadis melintasi sebuah madrasah yang hancur akibat topan Kenneth pada bulan lalu di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 13 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas. (Zinyange Auntony/AFP)

Pria muslim mengambil air untuk wudhu untuk melaksanakan salat selama bulan Ramadan di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Pria muslim mengambil air untuk wudhu untuk melaksanakan salat selama bulan Ramadan di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 14 Mei 2019. Umat Islam di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Man Yam berdiri di pantai menunggu distribusi bantuan selama bulan ramadan setelah topan Kenneth di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 13 Mei 2019. Muslim di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

Man Yam berdiri di pantai menunggu distribusi bantuan selama bulan ramadan setelah topan Kenneth di desa Kumwamba, Pulau Ibo, 13 Mei 2019. Muslim di Mozambik melalui bulan Ramadan dengan badai yang menyebabkan sebagian besar masjid hancur dan persediaan makanan sangat terbatas (Zinyange Auntony/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: