Minggu, 19 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Potret Bahagia Seleb dengan Banyak Anak Saat Kumpul

Posted: 19 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pekerjaan sebagai seorang artis dalam dunia hiburan tentu akan memiliki segudang kesibukan yang tentunya membuat para artis ini mempunyai sedikit waktu dengan keluarganya. Apalagi jika itu menyangkut kedekatan mereka dengan sang buah hati.

Berbicara mengenai masalah anak, punya banyak anak bagi sebagian besar orang Indonesia tentunya merupakan hal yang lumrah.

Orangtua merasa bahwa semakin banyak anak, semakin banyak rejeki, menurut kepercayaan yang ada. Beberapa aris ini pun dalam keluarganya memiliki banyak anak, mungkin agar keluarganya ramai atau bisa jadi memiliki persepsi tersebut.

Berikut 5 seleb yang memiliki banyak anak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/5/2019). 

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo bersama keluarga (Sumber: Instagram/zaskiadyamecca)

Sutrada Hanung Bramantyo meminang kekasihnya Zaskia Adya Mecca yang sekarang menjadi istrinya di tahun 2009. Menikah selama sepuluh tahun, keluarga ini dikaruniai empat anak.

Hanung sendiri sebelumnya juga pernah menikah dengan Yanesthi Hardhini dan dikaruniai satu orang putra bernama Bhumi sebelum akhirnya mereka bercerai.

Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama

(Instagram/ussypratama)

Sempat divonis kanker rahim oleh dokter di tahun 2004, nyatanya istri presenter Andhika Pratama ini berhasil melahirkan empat anak perempuan. Dua anak dari pernikahan sebelumya dan dua anak dari pernikahannya dengan Andhika Pratama.

Anji Manji

Keluaga Anji (Sumber: Instagram/duniamanji)

Erdian Anji Prihartanto atau lebih dikenal dengan nama Anji juga memiliki banyak anak. Saat ini keluarga Anji dan Wina memiliki lima orang anak.

Ketika Anji dan Wina memutuskan untuk menikah tahun 2012 lalu, mereka sama-sama sudah memiliki anak. Dua anak dari Wina dan tiga anak dari Anji. Kebersamaan mereka pun tak perlu diragukan

Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

Safeea Ahmad disaksikan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela meniup lilin ulang tahunnya yang ke-5 di kediamannya di Pondok Indah, Jakarta, Rabu (24/2). Acara yang diadakan sederhana ini juga digunakan untuk sesi foto keluarga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pentolan grup Dewa 19, Ahmad Dhani ini juga dikarunai banyak anak. Pernikahan pertamanya dengan Maia Estianty melahirkan tiga anak yaitu Al, El dan Dul.

Setelah resmi bercerai dengan Maia, kemudian Dhani menikahi Mulan Jameela dan dikarunai satu orang putri. Sebelum menikah dengan Ahmad Dhani, Mulan Jameela juga sudah memilik dua anak dari pernikahan Mulan sebelumnya. Jika bersama pasangan Dhani dan Mulan ini memiliki enam orang anak.

Anang dan Ashanty

(Instagram/ashanty_ash)

Anang Hermansyah memutuskan menikah dengan Ashanty setelah resmi bercerai dengan Krisdayanti tahun 2009 lalu. Kala menikahi Ashanty, saat itu Anang sudah mimiliki dua anak dari pernikahan dengan mantan istrinya.

Kemudian setelah menikah dengan Ashanty, Anang dikaruniai dua putri cantik jelita. Jika berkumpul keluarga mereka menjadi enam orang.

Pasha Ungu dan Adelia

Keluarga Pasha dan Adelia  (Sumber: Instagram/pashaungu_vm)

Pasha Ungu memutuskan untuk menikahi Adelia Wilhelmina setelah sebelumnya memtuskan bercerai dengan istri pertamanya. Pasha dan Okie Agustina dikaruniai 3 orang anak, sedangkan pernikahannya dengan Adelia telah dikaruniai 4 anak. Walau berbeda ibu, ke-tujuh anak Pasha selalu terlihat harmonis. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faktor Cuaca Jadi Perhatian Tim Indonesia di Laga Kedua Piala Sudirman 2019

Posted: 19 May 2019 09:35 PM PDT

Nanning - Manajer Tim Indonesia di Piala Sudirman 2019, Susy Susanti, meminta kepada atlet untuk menjaga kondisi setelah menjalani pertandingan pertama, Minggu (19/5/2019) di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, China.

Susy mengatakan, faktor cuaca menjadi perhatian khusus menjelang duel kedua penyisihan grup Piala Sudirman 2019 melawan Denmark yang akan berlangsung Rabu (22/5/2019).

"Tetap ada latihan tiap hari. Yang pasti pemain harus menjaga kondisi, karena udara di sini terik sekali, jangan sampai ada yang sakit," katanya. 

Di Nanning saat ini sudah memasuki musim panas. Cuaca pada siang hari bisa mencapai 33 derajat. Sementara, suhu di venue pertandingan Piala Sudirman 2019 dan hotel sangat dingin karena menggunakan AC maksimal.

"Dari luar ke ruangan perbedaannya jauh sekali. D hotel dingin sekali. Mungkin karena sangat panas, maunya minum es, jangan sampai radang tenggorokan atau dehidrasi," ucap Susy.

Susy membuat beberapa catatan menjelang pertemuan kontra Denmark. Dia ingin para pemain yang tampil melawan Denmark berada dalam kondisi sepenuhnya bugar. 

 

Akurasi Pukulan

"Kami selalu siapkan dan ingatkan atlet-atlet untuk latihan, adaptasi dan akurasi pukulan disiapkan saja. Ini bukan pertama kalinya kami ketemu dengan Denmark. Sudah beberapa kali, kami akan lihat siapa yang akan turun dari kondisi pemainnya, head to head dan peluangnya seperti apa," katanya.

Susunan pemain Indonesia untuk melawan Denmark pada penyisihan Piala Sudirman 2019 akan diumumkan Selasa (21/5/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1 2019: Persib Bandung Intai MU di Puncak

Posted: 19 May 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Madura - Madura United (MU) untuk sementara memuncaki klasemen Shopee Liga 1 2019. MU duduk di puncak berkat kemenangan telak 5-1 atas tuan rumah, Persela Lamongan, Jumat (17/5/2019).

Pesta gol MU di markas Persela diawali dengan gol Beto pada menit ke-13. Persela sempat menyamakan kedudukan usai Alex mencetak gol di menit ke-37.

Namun Laskar Sape Kerap -julukan MU- mengamuk jelang turun minum dan pada babak kedua. Mereka menambah gol lagi, masing-masing lewat Beto (43'), Aleksandar Rakic (45'), Greg Nwokolo (63'), dan Slamet Nurcahyono (80').

Kemenangan MU atas Persela sejauh ini menjadi yang terbesar di pekan pertama Shopee Liga 1 2019. Selain MU, ada lima tim lain yang juga meraih kemenangan di pekan pertama.

Di bawah MU, ada Persib Bandung yang duduk di posisi kedua. Maung Bandung menang 3-0 atas Persipura di Stadion Si Jalak Harupat.

Berikut klasemen Shopee Liga 1 2019

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1 2019 (Luthfie Febrianto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luncurkan AKSes, KSEI Permudah Investor Pantau Portofolio Investasi

Posted: 19 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G).

Fasilitas AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI agar investor di pasar modal dapat secara langsung memantau portofolio kepemilikan efek atau dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabah. Ini sebagai upaya meningkatkan transparansi informasi dan perlindungan investor.

Salah satu alasan utama KSEI mengembangkan AKSes Next-G adalah karena masih rendahnya pemanfaatan Fasilitas AKSes serta adanya kebutuhan dari investor untuk proses login yang lebih cepat dan mudah.

"Sebelumnya, investor harus lebih dahulu menerima Kartu AKSes dan PIN Code yang kadang membutuhkan waktu karena dokumen berbentuk fisik dan proses distribusi. Dengan AKSes Next-G, cukup menggunakan data pribadi untuk login," tutur Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/5/2019).

Melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan (account statement) yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI.

 

Pastikan Portofolio Investasi Sesuai

Jumlah sub rekening efek (Diolah dari KSEI oleh Tim infografis Liputan6.com)

Upaya ini bertujuan untuk memastikan bahwa portofolio investasi milik investor sudah sesuai dengan instruksi jual/beli kepada PE dan BK.

Sebagai informasi, AKSes Next-G dikembangkan dengan mengadopsi teknologi informasi terkini sesuai best practice, yang mudah dikelola dan expandable. Hal ini memberikan kemudahan bagi KSEI apabila kedepannya akan menambah fitur-fitur tambahan dalam fasilitas AKSes Next-G.

"KSEI berharap makin banyak investor yang akan memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G, karena investor yang cerdas adalah investor yang tidak hanya cerdas melakukan trading, tetapi juga harus cerdas memantau investasinya," ucapnya.

BI Gandeng KSEI untuk Akselarasi Penerbitan Surat Berharga Komersial

Bank Indonesia (BI) teken perjanjian penatausahaan dan penyelesaian transaksi Surat Berharga Komersial (SBK) (dahulu disebut Commercial Paper) dengan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Jumat (17/5/2019) .

Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengakselerasi penerbitan dan transaksi instrumen SBK sebagai sumber pendanaan jangka pendek non perbankan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menyebutkan, upaya ini juga konsisten dalam mendorong permintaan domestik. 

"Penandatanganan ini menandai bahwa infrastruktur pasar SBK telah lengkap dan siap untuk dioperasionalkan guna melayani penerbitan dan transaksi SBK," kata Dody, di Gedung BI, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

 

 

 

Dia menuturkan, BI mengharapkan, dengan telah siapnya berbagai ketentuan dan infrastruktur pendukung, SBK dapat berperan penting sebagai salah satu alternatif pendanaan jangka pendek bagi korporasi non bank dan sebagai instrumen pasar uang yang menarik bagi investor.

Adapaun kelengkapan infrastruktur SBK di antaranya adalah peraturan (Peraturan Bank Indonesia dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur) yang sudah diterbitkan mencakup pengaturan SBK dan lembaga pendukung pasar.

Saat ini, telah terdaftar di Bank Indonesia 3 penatalaksana/arranger, 2 lembaga pemeringkat, 46 konsultan hukum, 84 akuntan publik, 5 notaris, 4 perantara/brokers, 15 kustodian, dan PT. KSEI sebagai Sentral Kustodian. 

Penunjukan KSEI sebagai lembaga penyimpanan dan penyelesaian transaksi SBK oleh Bank Indonesia merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan tata kelola dalam penerbitan maupun transaksi khususnya terkait pencatatan, penatausahaan dan penyelesaian transaksi SBK yang dilakukan secara scripless (tanpa warkat).

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus berupaya untuk mengembangkan pasar Surat Berharga Komersial melalui edukasi kepada potensial issuer dan program sosialisasi. Bank Indonesia akan berkoordinasi dengan OJK untuk melakukan harmonisasi regulasi, khususnya regulasi yang mengatur lembaga-lembaga jasa keuangan yang dapat memanfaatkan SBK sebagai alternatif pendanaan jangka pendek dan juga sebagai investasi," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan, Endeus Luncurkan Rantai Kasih Sayang

Posted: 19 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan bukan hanya sekadar bulan di mana umat muslim menahan rasa lapar dan haus. Di bulan yang penuh dengan berkah ini, banyak orang yang berlomba untuk menyebarkan kebaikan kepada sesama.

Salah satunya yang paling mudah dan sering dilakukan adalah memberikan sajian kepada mereka yang lebih membutuhkan. Namun, sekarang kegiatan berbagi bisa dilakukan dengan mudah bersama dengan Endeus.

Endeus merupakan sebuah brand yang diciptakan untuk menginspirasi para penggemar masak, penggila kuliner, serta pegiat tren gaya hidup. Endeus menginspirasi para pencinta kuliner melalui sajian ide-ide kuliner praktis dan dikemas dalam sebuah konten yang menyenangkan untuk disaksikan.

Di dalam proses kreasinya, Endeus mengusung tema kuliner lokal demi menghadirkan cara masak yang unik dengan sentuhan modern. Untuk menghadirkan inspirasi masak setiap hari, Endeus menunjukkan komitmennya melalui berbagai video resep dengan durasi singkat yang terdapat dalam saluran www.endeus.tv.

Selain itu, aneka resep tersebut juga tersedia pada berbagai akun media sosial Endeus di Facebook, Instagram, serta YouTube. Hadirnya Endeus di berbagai media sosial, tak lain adalah untuk berinteraksi dengan para pencinta kuliner dan agar mereka dapat mendapatkan sajian inspirasi dengan lebih banyak lagi.

Pada bulan Ramadan ini, Endeus dengan bangga mempersembahkan sebuah campaign terbaru bernama Rantang atau Rantai Kasih Sayang. Campaign ni bertujuan untuk menyambut berbagai semangat kebaikan di bulan suci ini.

Selaku Chief Executive Officer dari Endeus, David Wayne Ika mengatakan bahwa makna kebaikan harus terus dibagikan.

"Kami percaya bahwa makna kebaikan akan lebih terasa jika terus dibagikan, dan makanan merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan rantai kebaikan tersebut," ujarnya.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, rantang mampu menyimpan banyak sajian di tiap susunannya. Rantang juga merupakan simbol tradisi sebagai penyambung silaturahmi yang terasa melalui kehangatan makanan di dalamnya.

Melalui Rantang, Endeus ingin berbagi esensi Ramadan di mana kita diingatkan untuk selalu bersabar, bersyukur, dan berempati, sehingga dapat mempererat kebersamaan. Seperti berbagai sajian yang ada di dalam setumpuk rantang, dan dirangkum dalam #CeritaRantang.

 

Program Spesial Rantang

Sumber: cdn.sindonews.net

Sejalan dengan jumlah Endeusiast yang semakin berkembang sejak peluncuran Endeus dua tahun lalu di kalangan pencinta kuliner, Endeus mengharapkan campaign ini dapat berhasil.

Endeus percaya, bahwa campaign ini dapat menyebarkan banyak kebaikan dan inspirasi pada masyarakat luas, melalui 4 program spesial yang mereka sediakan. Berikut adalah 4 buah program spesial yang disediakan oleh Endeus.

1. Pejuang Cilik

Berisi tutorial video memasak yang diharapkan dapat menginspirasi para ibu muda dalam mempersiapkan sajian istimewa untuk buah hati. Khususnya, bagi mereka yang baru pertama kali menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini.

2. Chef of the Month - Baking With the Expert

Kue kering telah menjadi ladang bisnis, khususnya pada hari-hari besar di Indonesia, tak terkecuali di bulan Ramadan. Endeus menyajikan 4 buah video tutorial langsung dari para pemasak yang berkompeten di bidangnya.

Video tersebut disediakan untuk membedah rahasia di balik berbagai kelezatan kue kering klasik yang dicintai berbagai kalangan masyarakat. Contohnya, Kaasstengels, Nastar, Putri Salju, dan Lidah Kucing.

3. Hidangan Andalan Ramadan

Merasa bisa mendeskripsikan dan merancang menu andalan hingga berhasil, bahkan hanya dengan membacanya saja? Jika iya, artinya Endeusiast wajib mengikuti kompetisi yang satu ini.

Caranya sangat mudah, Endeusiast hanya cukup menyerahkan 5 buah menu andalan yang ingin ditampilkan di bulan Ramadan ini. Kompetisi yang berlangsung sejak tanggal 6-20 Mei 2019 ini juga akan memberikan hadiah berupa produk memasak dari Karaca dan juga voucer belanja senilai jutaan rupiah.

4. Endeus Berbagi

Saat ini, keterbatasan waktu dalam menyiapkan hindangan untuk berbuka atau sahur sudah dapat teratasi berkat adanya moda transportasi online.

Namun, sadarkah kamu bahwa hal tersebut tidak terlepas dari jasa para driver yang rela mengorbankan waktunya demi kenyamanan perut kita?

Sebagai rasa apresiasi terhadap semangat kebaikan para rekan driver ojek online, Endeus akan memberikan santapan gratis bagi para mitra ojek online. Santapan gratis ini diberikan kepada driver ojek online yang sedang bertugas di jalanan pada miggu ketiga berpuasa.

Endeus percaya, bahwa dengan memberi, bukan berarti akan mengurangi apa yang telah dimiliki. Melainkan, agar dapat menjaga semangat kebaikan agar terus berkobar di mana pun dan untuk siapa pun.

Yuk, siapkan diri untuk menjalankan #RamadanEndeus yang sesungguhnya!

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Rantang, silakan menghubungi kontak berikut ini.

NARAHUBUNG

Dewi Retno Ningrom (Marketing Promotion Endeus): 082324-097-123

Ayu Nainggolan (Content Editor): 0856-220-3693

 

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irish Bella Kewalahan Bangunkan Ammar Zoni untuk Sahur

Posted: 19 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepulang dari bulan madu di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Ammar Zoni dan Irish Bella, semakin harmonis menjalani kehidupan sebagai suami istri. 

Pertama kali menjalani Ramadan setelah menikah, ternyata ada beberapa hal yang membuat Ammar Zoni dan Irish Bella mulai saling mengetahui kekurangan masing-masing.

Bahkan, Irish Bella mengakui bahwa Ammar Zoni punya kebiasaan buruk yang masih dibawa setelah menikah. Ia mengungkapkan bahwa suaminya sangat sulit untuk dibangunkan saat sedang tidur, terlebih di waktu sahur.

"Ada yang dibangunin, ada yang digeret untuk sahur. Tukang molor dia (Ammar), gampang banget tidurnya gitu. Dibangunin juga lumayan (sulit)," ujar Irish Bella dalam tayangan Hot Issue Pagi, Jumat (17/5/2019).

Kangen Syuting

Pengajian Ammar Zoni - Irish Bella (Nurwahyunan/Fimela.com)

Selain itu Ammar Zoni dan Irish Bella saat ini sudah tak sabar lagi untuk menjalani syuting kembali. Pasalnya selama bulan madu, hanya itulah yang mereka pikirkan.

"Kita sudah kangen syuting, karena lumayan ya kita kan dua minggu ya istirahatnya," Irish Bella menyampaikan.

Tak Mau Larut

(Bayu Herdianto/KapanLagi)

Sementara, Ammar Zoni mengakui bahwa ia tak mau larut dengan liburan, "Enggak mau terlalu lama nanti kalau kelamaan libur nanti susah juga nanti ya."

"Dan kami rasa masih masa-masa produktif kan, jadi lagi semangat juga lah, seperti itu," timpal Irish Bella.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Khatam Alquran di Bulan Ramadan yang Mudah dengan 6 Trik Ini

Posted: 19 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara khatam Alquran di bulan Ramadan kerap dicari untuk dapat sukses menyelesaikan amalan di bulan Ramadan. Pada bulan ini, Alquran diturunkan. Seperti yang disebutkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda).

Membaca Al Quran di bulan Ramadan akan menambah pahala yang berlimpah. Membaca Al Quran juga merupakan sunah Rasul yang dikerjaan saat Ramadan. Hal ini tertuang pada hadis Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu. Pada hadis tersebut menjelaskan bahwa Rasulullah selalu khatam Alquran setiap tahunnya di bulan Ramadan. Bahkan menjelang wafatnya, Rasulullah dua kali mengkhatamkan Alquran. Cara khatam Alquran di bulan Ramadan nampaknya penting untuk diterapkan.

Maka dari itu khatam Alquran menjadi keistimewaan tersendiri di bulan Ramadan. Cara khatam Alquran di bulan Ramadan bagi sebagian orang bukanlah hal yang mudah. Namun, jika disertai niat tulus karena Allah semata, Cara khatam Alquran di bulan Ramadan menjadi perkara mudah.

Cara khatam Alquran di bulan Ramadan dapat ditempuh dengan beberapa langkah yang dapat meringankan. Cara khatam Alquran di bulan Ramadan ini bisa diterapkan bagi kamu yang hendak melaksanakan sunah Ramadan ini. Berikut cara khatam Alquran di bulan Ramadan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu(15/5/2019).

Membangun niat

Niat khatam Alquran (Ilustrasi: Pexels.com/Tayeb Mezahdia)

Nabi Muhammad mengajarkan umatnya melalui kata-kata dan tindakan tentang pentingnya memiliki niat atau tujuan. Membangun niat merupakan cara yang efektif untuk memacu kamu untuk membaca Alquran dan menyelesaikannya. Setelah ada niat, ingatlah untuk sesering mungkin memperbaruinya. Sebab, niat bisa saja pudar, bahkan hilang sama sekali sehingga seseorang menjadi malas untuk memulainya lagi.

Niatkan khatam Alquran hanya untuk mencapai ridha Allah semata. Niatkan amalan ini dengan tulus dan ikhlas sepenuh hati agar kemuliaan Ramadan selalu meliputimu. Yakinlah bahwa kamu bisa khatam Alquran selama Ramadan. Percayalah kepada Allah dengan diimbangi berjuang melalui tindakan nyata.

Rencanakan rutinitas dan waktu membaca

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Sebelum memulai bacaan, sangat penting untuk merencanakan rutinitas dan waktu agar kamu bisa khatam Alquran meski sibuk dengan aktivitas harian. Kamu mungkin bisa membacanya saat jam istirahat atau waktu senggang lainnya.

Buatlah rencana yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Alquran dalam waktu sebulan dengan membagi setiap Juz per hari. Susun rencana secara bijaksana dan tinjau terus-menerus. Setelah itu wujudkan ke dalam tindakan.

Salah satu waktu terbaik untuk membaca Alquran, adalah setelah sahur atau satu atau dua jam sebelum pergi kerja atau sekolah. Nabi Muhammad meminta kepada Allah untuk memberkati umat Islam di waktu awal-awal hari. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa belajar di pagi hari membangkitkan kinerja yang lebih baik pada siswa. Jadi jangan lewatkan membaca Alquran di pagi hari.

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Ilustrasi Al quran. (CNN)

Untuk khatam Alquran selama Ramadan, pastikan untuk membaca ayat Alquran sebanyak satu juz setiap harinya. Jika memiliki banyak waktu luang, sebaiknya membaca ayat Alquran lebih dari satu juz setiap harinya. Baca ayat Alquran selepas berbuka puasa sambil menunggu tarawih atau selepas sahur sambil menunggu pagi.

Kamu juga bisa membaca Alquran sedikitnya 2 lembar di setiap selesai salat 5 waktu. Pastikan untuk konsiten membaca Aquran selepas salat 5 waktu ini. Dengan sedikitnya membaca ayat Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman, kamu bisa mencapai target satu juz dalam satu harinya.

Pakai Alquran saku atau aplikasi Alquran di ponsel

Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Untuk khatam Alquran selama Ramadan, tidak ada salahnya untuk membeli Alquran saku. Alquran ini bisa dibawa dan dibaca di mana saja. Saat ada waktu luang, kamu bisa membaca Alquran dan menuntaskan cita-cita untuk khatam Alquran selama Ramadan.

Mengingat di era ini semuanya serba modern dan semua orang memiliki gadget, kamu juga bisa menginstal aplikasi Alquran di ponselmu. Gunakan waktu luangmu untuk membaca ayat Aquran. Dengan rutin membaca Aquran lewat ponsel yang dapat dilakukan setiap saat, kamu bisa khatam Alquran lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan.

Pahami Alquran dan tetap konsisten

Alquran / Sumber: iStockphoto

Baca terjemahan tiap ayat ketika membaca Alquran sehari-hari. Memiliki pengetahuan dasar tentang tema, topik, pesan dan makna dari apa yang kamu baca, membuat acara membaca Alquran menjadi pengalaman yang sangat menggembirakan. Kamu bahkan tidak ingin kehilangan momen tersebut.

Kunci keberhasilan adalah konsistensi. Setelah kamu memetakan rencana, maka konsistenlah dengan rencana itu. Ingatkan diri tentang kebesaran bulan Ramadhan, yang memberikan kesempatan bagi spiritual untuk meningkat, termasuk hubungan dengan Alquran.

Tadarus bersama

Puluhan santri membaca Al Quran saat tadarus massal awal Ramadhan 1440 H di Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah, Medan, Sumatera Utara pada 6 Mei 2019. Tadarus yang diikuti sedikitnya 3.200 santri tersebut merupakan kegiatan rutin selama bulan Ramadan di pesantren tersebut. (RAHMAD SURYADI / AFP)

Cari teman-teman atau saudara yang punya keinginan yang sama untuk khatam Alquran di Bulan Ramadhan. Mereka akan menjadi teman rohanimu. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Alquran. Minta mereka untuk mengingatkan janji dan tujuan khatam Alquran.

Jika perlu, buat sebuah kompetisi membaca Alquran kecil-kecilan. Ini akan memotivasi dan menginspirasimu untuk semakin semangat menyelesaikan bacaan Alquran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester City Juara Piala FA 2018-2019

Posted: 19 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester City terlalu tangguh bagi Watford pada final Piala FA di Stadion Wembley, London, Sabtu (18/5/2019) malam waktu setempat. The Citizen merebut gelar juara setelah melumat Watford dengan skor 6-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Menu Sahur Istimewa dan Mudah Ala Ryana Dea

Posted: 19 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di bulan Ramadan ini, selain sebagai aktris, Ryana Dea juga berperan sebagai ibu rumah tangga yang menyiapkan santap sahur untuk keluarga.

Nah, kali ini Ryana Dea akan berbagi resep menu sahur yang istimewa dan mudah cara pembuatannya ala dirinya. Menunya adalah udang cumi saus padang, bisa Anda jadikan sebagai referensi baru untuk sajian santap sahur nanti.

Bahan-bahan yang diperlukannya pun cukup mudah ditemui di pasar tradisional maupun pasar modern Indonesia. Selain itu, cara pembuatannya pun mudah.

Ingin tahu bagaimana proses pembuatan udang cumi saus padang ala Ryana Dea? Simak selengkapnya di channel Orami Indonesia di Vidio.com berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Spesifikasi Redmi 7A Beredar di Internet, Ini Detailnya

Posted: 19 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai smartphone baru Redmi 7A muncul di situs web regulator telekomunikasi Tiongkok, Tenaa. Hal ini mencakup spesifikasi dan gambar desain smartphone tersebut.

Dilansir GSM Arena, Senin (20/5/2019), berdasarkan keterangan yang tertera di Tenaa, Redmi 7A memiliki nomor model M1903C3EC dan M1903C3EE. Smartphone ini disokong prosesor octa-core 1,4GHz.

Selain itu, terdapat tiga varian yakni RAM 2GB dan memori internal 16GB, 3GB/32GB, dan 4GB/64GB. Terdapat slot kartu microSD untuk menambah ruang penyimpanan maksimal 256GB.

Smartphone dari sub-brand Xiaomi ini akan melenggang dengan layar berukuran 5,45 inci (1.440 x 720 piksel), dan menjalankan OS Android Pie.

Untuk pengambilan gambar, Redmi 7A memiliki kamera belakang 13MP dan kamera depan 8MP.

Smartphone ini memiliki delapan pilihan warna, Black, Red, Blue, Pink, White, Green, Purple, dan Gray. Kapasitas baterainya 3.900mAh.

Mau Foto Bumi, Xiaomi Kirim Unit Redmi Note 7 Ke Luar Angkasa

Redmi Note 7. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Kampanye pemasaran smartphone kini semakin kreatif dan besar, dengan siklus perilisan yang makin cepat. Biasanya, kampanye semacam ini makin besar dan unik untuk flagship smartphone, tapi Xiaomi melakukan hal yang sedikit berbeda.

Merek asal Tiongkok itu mengggelar kampanye pamasaran yang maksimal untuk smartphone terjangkau terbaru, Redmi Note 7. Dikutip dari Gizmochina pada awal bulan ini, Xiaomi mengirim Redmi Note 7 ke angkasa.

Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa Redmi Note 7 merupakan perangkat yang dapat memotret Bumi dari atas dengan baik, serta memperlihatkan kualitas fisiknya.

Kampanye pemasaran ini dilakukan oleh tim Xiaomi Eropa, yang mengirim smartphone tersebut ke angkasa menggunakan balon hidrogen. Balon beserta perangkat ini berhasil menembus ketinggian 31.000 meter.

Unit Xiaomi Redmi Note 7 ini jadi perangkat pertama yang diterbangkan ke lapisan stratosfer. Bahkan, Redmi Note 7 tersebut juga bisa mengambil beberapa foto dan belakangan diunggah ke akun resmi Xiaomi di Twitter.

Foto-foto tersebut disebut tidak begitu spesial, tetapi fakta bahwa perangkat berhasil "selamat" dalam suhu minus 58 derajat dinilai sangat menarik. Akhirnya, pada ketinggian 35.375 meter dan tekanan atmosfer 1KPa pun balon turun dan kembali ke Bumi.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bawaslu Tolak Laporan BPN Prabowo soal Kecurangan Pemilu

Posted: 19 May 2019 09:28 PM PDT

Perwakilan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga menghadiri sidang  terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019 di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Laporan menolak laporan dugaan pelanggaran administratif Pemilu karena bukti-bukti yang diajukan belum memenuhi kriteria. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Perwakilan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga menghadiri sidang terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019 di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Laporan menolak laporan dugaan pelanggaran administratif Pemilu karena bukti-bukti yang diajukan belum memenuhi kriteria. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Bawaslu, Abhan memimpin sidang pembacaan putusan pendahuluan atas dugaan kecurangan pemilu terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Bawaslu menolak laporan yang dilayangkan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Bawaslu, Abhan memimpin sidang pembacaan putusan pendahuluan atas dugaan kecurangan pemilu terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Bawaslu menolak laporan yang dilayangkan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Perwakilan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga menghadiri sidang  terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019 di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Laporan menolak laporan dugaan pelanggaran administratif Pemilu karena bukti-bukti yang diajukan belum memenuhi kriteria. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Perwakilan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga menghadiri sidang terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019 di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Laporan menolak laporan dugaan pelanggaran administratif Pemilu karena bukti-bukti yang diajukan belum memenuhi kriteria. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Bawaslu, Abhan (kiri) disela sidang pembacaan putusan pendahuluan atas dugaan kecurangan pemilu terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Bawaslu menolak laporan yang dilayangkan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Bawaslu, Abhan (kiri) disela sidang pembacaan putusan pendahuluan atas dugaan kecurangan pemilu terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Senin (20/5/2019). Bawaslu menolak laporan yang dilayangkan BPN Prabowo Subianto-Sandiaga. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Archie Norbury, DJ Termuda Umur 4 Tahun

Posted: 19 May 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bakat bocah umur 4 tahun ini didapatkan dari ayahnya yang juga seorang DJ.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Gaya Rosa Meldianti dan Lebby Wilayati, Sama-Sama Keponakan Dewi Perssik

Posted: 19 May 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Rosa Meldianti kembali menjadi sorotan publik lantaran beredar berita bahwa bayaran saat ia manggung ditaksir dengan harga yang fantastis. Rosa Meldianti pun mengaku bahwa bayarannya cukup fantastis yaitu Rp 200 juta.

Sebelumnya, nama Rosa Meldianti semakin dikenal publik lantaran perseteruannya dengan sang tante yaitu Dewi Perssik. Seperti diketahui, mulanya hubungan tante dan ponakan ini sempat akrab, di mana Meldi dibantu kariernya oleh sang tante.

Namun pada akhirnya, Meldi merasa dirinya diperlakukan tidak sama tatakala Dewi Perssik juga memutuskan untuk membantu keponakan lain yang bernama Lebby Wilayati. Oleh karena itu hubungan keduanya pun renggang, bahkan masuk ke jalur hukum. 

Terlepas dari masalah itu, baik Meldi atau pun Lebby memiliki gaya berbusana yang tak sama. Namun, tetap ada kesan lain yang bisa ditemukan di antara dua keponakan Dewi Perssik ini.  

Berikut beberapa perbedaan gaya Rosa Meldianti dan Lebby Wilayati yang dihimpun oleh Liputan6.com dari akun Instagram @rosameldianti_ dan @lebbywilayati, Senin (20/5/2019).

1. Potret selfie

Meldi-Lebby (Sumber: Instagram/rosameldianti_/lebbywilayati)

Baik Meldi atau pun Lebby keduanya sama-sama hobi selfie dengan kepala yang miring ya? Meldi terlihat mengenakan kacamata dengan gaya natural sementara Lebby terlihat lebih ceria dengan baju berwarna merah.

2. Baju bercorak

Meldi-Lebby (Sumber: Instagram/rosameldianti_/lebbywilayati)

Sama-sama menggunakan baju bercorak saat dalam sesi pemotretan. Gaya Meldi terlihat lebih dewasa dengan tatapan mata yang tajam, sedangkan Lebby terlihat manis dengan baju ala tentaranya. 

3. Menggunakan hijab

Meldi-Lebby (Sumber: Instagram/rosameldianti_/lebbywilayati)

Kedua ponakan Dewi Perssik ini sama-sama anggun saat menggunakan hijab. Meldi menggunakan hijab bewarna hitam, sedangkan Lebby menggunakan hijab syari berwarna cokelat. 

4. Gaya candid

Meldi-Lebby (Sumber: Instagram/rosameldianti_/lebbywilayati)

Baik Meldi atau pun Lebby keduanya sama-sama berpose candid sedang menonton layar handphone. Meldi menggunakan dress putih dengan sepatu dan tas yang bewarna senada.

Lain halnya Lebby menggunakan baju putih dengan warna merah jambu dan kacamata di kepalanya. Menurut kamu kerenan yang mana nih? 

5. Potret Tanpa Makeup

Meldi-Lebby (Sumber: Instagram/rosameldianti_/lebbywilayati)

Sama-sama berkecimpung dalam bidang tarik suara, membuat keduanya sering terkena polesan makeup. Nah ini potret keduanya tanpa makeup. Sama-sama terlihat manis ya? 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lalu Muhammad Zohri Melesat, dari Juara Dunia U-20 Hingga Lolos Olimpiade 2020

Posted: 19 May 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Lalu Muhammad Zohri mencatat prestasi pada lomba lari 100 meter putra Golden Grand Prix Osaka 2019, Jepang, Minggu (19/5/2019).

Zohri finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 10,03 detik. Sementara posisi pertama diraih pemilik medali emas Kejuaraan Dunia 2017, Justin Gatlin (Amerika Serikat) dengan catatan waktu 10,00 detik. Medali perak diraih pelari Jepang jawara Kejuaraan Asia 2019, Yoshihide Kiryu yang membuat catatan waktu 10,01 detik.

Walau finis di posisi ketiga, catatan waktu yang dibukukan Lalu Muhammad Zohri menembus limit Olimpiade 2020 yang telah ditetapkan, yakni 10,05 detik. Tak hanya itu, Zohri juga memecahkan rekornas atas namanya.

Sebelumnya, Zohri membukukan rekor dengan catatan waktu 10,13 detik pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar, Senin (21/4/2019). Ia finis di posisi kedua dalam kejuaraan itu. 

Sekjen Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung mengatakan, keikutsertaan Zohri dalam Seiko Golden Grand Prix 2019 di Tokyo, Jepang, tidak mudah. Butuh usaha keras karena catatan waktu sebelumnya 10.18 detik belum masuk hitungan.

Namun, PB PASI kembali melobi ke penyelenggara setelah catatan waktu Zohri menembus 10.13 detik. "Setelah Zohri merebut medali perak dengan catatan waktu 10.13 detik di Doha, saya desak kembali penyelenggara Seiko GP," ucap Tigor.

Akhirnya Lalu Muhammad Zohri tampil dengan status sebagai undangan dalam Seiko GP. "Saya ucapkan terima kasih pada PB PASI serta jajarannya, masyarakat NTB, Pak Bob Hasan, coach Eni, coach Fadlin, coach Erwin, coach Farel, dan teman-teman semua," kata Zohri.

Dari Kejuaraan Dunia U-20

Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, meminta maaf gagal meraih medali pada nomor 100 meter Asian Games di SUGBK, Jakarta, Minggu (26/8/2018). Lalu Zohri finish di urutan ke tujuh dengan catatan waktu 10,20 detik. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Karier Lalu Muhammad Zohri di lintasan atletik mulai disorot setelah meraih medali emas Kejuaraan Dunia U-20 pada 11 Juli 2018 di Tampere, Finlandia. Sprinter asal Lombok itu finis di posisi pertama mengalahkan dua sprinter Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Dalam kejuaraan itu, Zohri bukan sprinter unggulan. Namun, ia sukses meraih juara dan dengan catatan waktu 10,18 detik, atau hanya selisih satu detik dengan catatan waktu milik Suryo Agung Wibowo (10,17).

Setelah meraih juara dunia U-20, Zohri dipersiapkan ke Asian Games 2018. Namun, pada ajang ini, PB PASI tak membebani Zohri dengan target medali. Pasalnya, Zohri bersaing dengan pelari-pelari senior terbaik Asia macam Su Bingtian (China), Tosin Ogunode (Qatar) dan Ryota Yamagata (Jepang), dan Abdullah Akbar (Arab Saudi).

Pada Asian Games 2018, Zohri lolos ke babak final setelah mengemas catatan waktu 10,24 detik. Dengan catatan waktu itu, Zohri memang diprediksi tak mendulang medali.

Pada final, ia memperbaiki catatan waktu menjadi 10,20 detik. Zohri finis di posisi ketujuh. Medali emas menjadi milik Su Bingtian (9,92 detik) sekaligus memecahkan rekor Asian Games, lalu perak diraih pelari Qatar Tosin Ogunode (10,00), dan perunggu milik Ryota Yamagata (10,00).

Zohri akhirnya mendapat medali perak dari nomor estafet 4x100 meter putra bersama Fadlin, Eko Rimbawan, dan Bayu Kertanegara.

Kejuaraan Asia dan Golden Grand Prix Osaka 2019

Pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, saat berlaga pada nomor 100 meter Asian Games di SUGBK, Jakarta, Minggu (26/8/2018). Lalu Zohri finish diurutan ke tujuh dengan catatan waktu 10,20 detik. (Bola.com/Peksi Cahyo)

Lalu Muhammad Zohri terus memperbaiki catatan waktunya. Pelari berusia 18 tahun itu memecahkan rekor nasional dengan catatan waktu 10,13 detik pada Kejuaraan Atletik Asia 2019 yang berlangsung di Doha, Qatar, Senin (21/4/2019).

Ia finis di posisi kedua dalam kejuaraan itu. Medali emas menjadi milik sprinter Jepang Yoshihide Kiryu (10,10). Catatan waktu Zohri lebih baik lima detik dari peraih perunggu asal China, Wu Zhiqiang.

Dengan catatan waktu 10,13, Zohri memecahkan rekornas milik Suryo Agung Wibowo yang sudah bertahan 10 tahun. Suryo Agung mencatat 10,17 detik pada SEA Games 2009.

Zohri terus melesat dan kembali memecahkan rekor nasional di Golden Grand Prix Osaka 2019 dengan catatan waktu 10,03 detik. Ia sukses memangkas 0,10 detik.

Zohri finis di posisi ketiga dalam kejuaraan itu. Dengan catatan waktu 10,03 detik, Zohri menembus limit Olimpiade 2020 yang telah ditetapkan, yakni 10,05 detik. Tentu saja, untuk bersaing di Olimpiade 2020 butuh perjuangan dan kerja keras. Paling tidak, dia harus mencapai catatan waktu 9 detik.

Zohri akan kembali diuji pada Kejuaraan Dunia Atletik yang bakal digelar di Doha, Qatar pada 27 September-6 Oktober mendatang.

Sebagai catatan, pada Kejuaraan Dunia 2017, peraih medali emas ialah sprinter Amerika Serikat, Justin Gatlin dengan catatan waktu 9,92 detik, disusul Christian Coleman dengan 9,94 detik, dan Usain Bolt dengan 9,95 detik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orbitkan Anak Jadi Artis, Elly Sugigi Wariskan Nama Panggung

Posted: 19 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Elly Sugigi memiliki harapan agar anaknya, Ulfi Damayanti, mengikuti jejaknya di dunia hiburan Tanah Air. Keinginannya itu diungkapkan melalui sebuah unggahan di Instagram pada Minggu (20/5/2019).

Tak hanya itu saja, Elly Sugigi juga sudah menyiapkan nama panggung untuk sang anak. Ia mewariskan nama belakangnya yaitu Sugigi, agar sang anak kelak juga bisa menjadi artis.

"Sekarang ulfi ku ganti buat nama panggungnya jadi ULFI SUGIGI..semoga dia bisa mulai ke dunia entertain seperti mamanya Ellysugigi," tulis Elly Sugigi menyertai unggahan fotonya.

Meski begitu, ada satu hal yang Elly Sugigi justru tidak ingin sang anak seperti dirinya, yaitu soal perjalanan cinta. Elly Sugigi tidak mau sang anak seperti dirinya yang gagal membina rumah tangga hingga empat kali.

"tapi jangan sampe nikah 4 x juga kayakmamanya hahaha ..doain ya rejekinya bagus buat ulfi..amin...," lanjutnya.

Ajarkan Berakting

Ulfi Damayanti dan Elly Sugigi [foto: instagram/ellysugigi_real_]

Di samping itu, Elly Sugigi juga berjanji akan mengajarkan putrinya itu berakting. "Nanti mama ajarin acting ya..mending tenarin anak sendiri nanti dia bisa bantu kita ..ya gak po neti yg budiman ....@ulfidmy," tutup Elly Sugigi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Bawaslu Tolak Laporan Kecurangan TSM, BPN Cuma Bawa Print Out Berita Online

Posted: 19 May 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutus menolak laporan dugaan tindak pidana terstrukur masif dan sistematis (TSM) yang diadukan oleh Tim Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, Prabowo-Sandiaga. Salah satu alasan penolakan adalah karena pelapor hanya membawa print out berita online.

Dalam putusannya, ada empat poin yang menjadi alasan penolakan, mengacu pada UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan Bawaslu nomor 8 tahun 2018 tentang penyelesaian pelanggaran administratif pemilihan umum.

Pertama, laporan BPN 02 dinilai belum menunjukkan adanya perbuatan terstruktur dan masif dilakukan oleh terlapor, yakni tim pasangan calon presiden dan wakil presiden 01. Menurut Bawaslu, laporan diserahkan hanya berupa print out berita online yang tidak didukung bukti yang kuat.

"Laporan tidak didukung bukti kuat, baik berupa dokumen, surat, maupun video yang menunjukkan adanya perbuatan terlapor yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis, masif (TSM) sehingga bukti yang dimasukkan oleh terlapor belum memenuhi kriteria seperti yang dilaporkan," kata Anggota Bawaslu Ratna Dewi dalam sidang putusan di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Selain alasan tersebut, Bawaslu menyebut laporan dilayangkan Tim Hukum BPN 02 dinilai tidak memasukkan bukti yang menunjukkan adanya perbuatan terlapor yang dilakukan secara sistematis.

Hal ini dikaranekan tidak adanya pertemuan yang diinisiasi oleh terlapor untuk melakukan perbuatan pelanggaran administratif yang terstruktur sistematis dan masif (TSM) dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019.

"Sehingga laporan pelapor kami nyatakan belum memenuhi kriteria persyaratan bukti sistematis," jelas Ratna.

Keputusan tersebut termaktub dalam pleno Bawaslu yang tertuang dalam putusan bernomor 01/LP/PP/ADR/TSM/RI/00.00/V/2019, tertanggal 15 Mei 2019.

Menurut Abhan, laporan yang dilayakan Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso, tersebut tidak berlanjut ke proses hukum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 Hari Ini: Barito Putera Vs Persija Jakarta di Indosiar

Posted: 19 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin - Persija Jakarta akan memulai perjalanan mereka di Shopee Liga 1 2019 dengan bertandang ke Kalimantan. Macan Kemayoran bakal meladeni tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (20/5/2019).

Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev tak malu-malu mengakui timnya bakal mengandalkan Marko Simic untuk mencetak gol.

"Yang paling penting buat kami saat ini sudah bisa memainkan Simic, dan bagusnya lagi, kondisi pemain 100 persen," kata Kolev.

Sementara itu, pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago menegaskan timnya sangat siap memetik tiga poin perdana di Shopee Liga 1 2019. Pelatih asal Brasil ini mengaku timnya akan bermain spartan melawan Persija.

"Tim kami sangat siap dan akan fight. Saya sudah tidak sabar dengan momen ini. Misi kami besok lawan Persija. Seribu persen kami persiapkan," kata Jacksen.

Selain partai Barito Putera vs Persija, ada juga partai antara PSM vs Semen Padang. Berikut jadwal lengkap Shopee Liga 1 2019 hari ini yang akan disiarkan langsung Indosiar dan O Channel

 

Jadwal Shopee Liga 1

Senin (20/5/2019)

20.30 WIB, Barito Putera vs Persija

Stadion 17 Mei, Banjarmasin

Live: Indosiar

20.30 WIB, PSM vs Semen Padang

Stadion Andi Mattalatta, Makassar

Live: O Channel

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PNS Wajib Ikut Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Posted: 19 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan pada 31 Mei dan 1 Juni 2019 para Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum mendapatkan libur Lebaran alias masih masuk kerja. Sebab, pada 1 Juni para abdi negara tersebut masih harus mengikuti upacara memperingati Hari Lahir Pancasila.

"Iya. 1 Juni masuk untuk upacara Hari Lahir Pancasila," ujar Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Menurut dia, upacara bendera ini wajib diikuti oleh seluruh PNS di semua instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah.

"Iya, setiap PNS wajib upacara Hari Lahir Pancasila," kata dia.

Ridwan menjelaskan, khusus di internal, BKN sendiri telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Kepala Bedan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 01 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila.

Upacara dilaksanakan pada 1 Juni 2019 pukul 08.00 WIB. Meski 1 Juni merupakan hari libur karena jatuh pada Sabtu, namun BKN telah meminta kepada para PNS-nya untuk tetap mengikuti upacara bendera tersebut.

Bagi PNS BKN yang sedang menjalani cuti, dapat mengikuti upacara bendera di Kantor BKN Pusat, Kantor Regional I hingga Kantor Regional XIV BKN atau di Kantor Pemerintah Daerah terdekat dan wajib mengirimkan bukti telah mengikuti upacara bendera berupa foto dan dikirimkan ke Kepala Unit Kerja masing-masing sebagai pengganyi presensi handkey.

 

Aturan Pencairan THR PNS Segera Terbit

Ilustrasi THR PNS (Grafis: Abdillah/Liputan6.com)

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa aturan mengenai pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah direvisi dan akan segera selesai dalam waktu dekat.

Adapun peraturan yang direvisi, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Gaji ke-13, dan PP Nomor 36 Tahun 2019 mengenai THR

"Itu sedang di revisi kalau bisa memang revisinya sudah hampir selesai mungkin bahkan akan keluar dalam satu dua hari ini," katanya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Sebab, dalam pasal 10 ayat 2 di kedua PP tersebut memerintahkan teknis pemberian gaji, pensiun, tunjangan ke-13 dan THR yang bersumber dari APBD diatur dengan Peraturan Daerah. Jika kedua peraturan tersebut tak direvisi, dikhawatirkan pencairan THR dan gaji ke-13 akan telat.

"Oleh karena itu (dengan direvisi) pemerintah daerah sudah bisa melakukan pembayaran melalui peraturan kepala daerah," katanya.

THR dan Gaji ke-13 TNI, Polri dan PNS Dipastikan Cair Tepat Waktu

Ilustrasi THR PNS. (via: istimewa)

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke 13 TNI, Polri dan PNS akan dibayar tepat waktu, dan tidak akan mengalami keterlambatan meski diatur masing-masing kepala daerah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo mengatakan THR dan gaji ke 13 akan cair paling cepat tanggal 24 Mei atau 10 hari sebelum hari raya idulfitri tiba. Pencairan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 36 tahun 2019.

"Sesuai PP 35 dan PP 36 semuanya akan terbayar tepat pada waktunya sehingga apa yang diintruksikan bapak Presiden akan dibayar tanggal 24 Mei yaitu 10 hari sebelum hari raya, semua akan dapat direalisasikan," kata dia di kantornya, Rabu (15/5/2019).

Dia menegaskan, rumor yang mengatakan THR tahun ini akan molor tidaklah benar. Sebab setiap daerah seharusnya sudah menganggarkan untuk membayar THR sejak tahun sebelumnya. Sehingga dipastikan pembayaran THR dan gaji ke 13 tidak akan mengalami hambatan.

"Petunjuk teknis nanti juga akan diterbitkan Pak Dirjen Bina Keuangan Daerah karena memang daerah inilah yang terbebankan pada APBD sehingga dengan demikian, hari ini akan diterbitkan surat edaran untuk dapat merealisasikan," ujarnya.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Syarifuddin menyebutkan dengan adanya beberapa kebijakan yang sudah diterbitkan memberi kepastian bahwa THR dan gaji ke 13 dapat dibayarkan tepat waktu.

Dia mengungkapkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Tahun 2018; Nomor 38 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah telah dihimbau agar setiap daerah mengalokasikan anggaran pembayaran THR dan gaji ke 13.

"Jadi di dalam peraturan itu sudah ditegaskan disana bahwa diminta kepada pemda untuk menyediakan anggaran gaji ke 13 dan THR. Artinya, dengan pengaturan itu kita harapkan daerah seyigyanya semua sudah menganggarkan di dalam APBD nya," ujarnya.

Di Depan PNS, Sri Mulyani Sebut Peringkat Kemudahan Berbisnis RI Meningkat

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani saat memberi keterangan terkait THR di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/5). THR dan gaji ke-13 juga diberikan kepada para pensiunan, PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyinggung posisi peringkat kemudahan berbisnis atau ease of doing business (EoDB) di Indonesia pada saat menjadi pembicara di One Hour University, Kementerian ESDM.

Kepada seluruh ratusan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian ESDM, Sri Mulyani menyampaikan kemudahan berbisnis di Indonesia saat ini sudah dalam kondisi yang baik. Sebab, selama kurun waktu 5 tahun kebelakang Indonesia mampu melesat dan berada di peringkat 70-an.

"Indonesia dari sisi perbaikan global competitivenes kita dan EoDB meningkat luar biasa. World Bank keluarkan indeks kompetitif itu bagaimana negara menciptakan lingkungan untuk bisnis mudah untuk lancar," kata dia saat menjadi pembicara di Kementerian ESDM, Rabu (15/5/2019).

Pejabat Bendahara Negara ini mengatakan, posisi peringkat kemudahan berbisnis di Indonesia saat ini pun lebih baik dibandingkan negara-negara Asia Tenggara lain. Karena apabila berkaca pada lima tahun lalu posisi Indonesia masih berada di atas 100 setara dengan Rusia dan India.

"Posisi Rusia, India (waktu itu) sama kaya Indonesia, karena di atas 100. Waktu itu Presiden Rusia sampai minta datangkan World Bank untuk mendapatkan masukan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Jangan Enggan Baca Alquran dengan Dalih Masih Terbata-bata

Posted: 19 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Pusat Studi Alquran Quraish Shihab mengatakan, jangan pernah enggan membaca Alquran dengan dalih masih terbata-bata. Karena untuk mahir dalam membaca Alquran, pastilah mulanya terbata-bata.

Quraish mengungkapkan, jangan pula enggan membaca Alquran dengan dalih tak paham artinya. Karena menurutnya itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

"Karena membaca tanpa paham, lebih baik daripada tidak membaca sama sekali," ucapnya dalam renungan Mutiara Hati SCTV yang dilaksanakan setiap bulan Ramadan. 

Meski awalnya tidak paham, hati seseorang akan digerakkan olelh Allah SWT untuk bisa mempelajari dan memahami maknanya. 

Mantan Menteri Agama ini juga mengajak untuk tidak enggan berzikir dengan alasan hati tidak hadir bersama Allah. Karena kelengahan berzikir, lebih buruk daripada zikir tanpa merasakan kehadiran-Nya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bus Meledak di Dekat Piramida Giza, 17 Terluka

Posted: 19 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah ledakan terjadin di dekat piramida Giza, Mesir. Ledakan menyebabkan 17 orang yang juga wisatawan terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tips Fotografi Portrait Ciamik ala Diera Bachir dengan HUAWEI P30 Pro

Posted: 19 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fotografi portrait kini menjadi tren dikalangan milenial, banyak hasil jepretan portrait ini diunggah ke social media seperti instagram oleh para pecinta fotografi. Kemampuan menjadikan manusia sebagai subyek foto yang paling memikat dan paling menarik untuk diabadikan menjadi teknik fotografi yang paling banyak dan paling biasa dilakukan oleh orang.

"Foto portrait itu dapat mengabadikan karakter seseorang, kita bisa mengeksplorasi ekspresi terbaik dari si subyek foto, sekaligus pada saat yang sama mengeluarkan kedalaman field dan tone-nya," tutur Diera Bachir, pakar fotografi fesyen dan pernikahan saat sesi workshop HUAWEI NEXT-IMAGE Masterclass bertema Portrait pada Minggu (19 Mei 2019), di Kedai Kopi 89 di Kemang, Jakarta.

Di acara yang khusus bagi pengguna smartphone HUAWEI ini, Diera berbagi pengalamannya menggunakan HUAWEI P30 Pro. Untuk menghasilkan foto portrait yang mengesankan, sedikitnya ada 6 hal yang harus dikuasai pengguna smartphone HUAWEI P30 Pro.

  1. Ketahui cara mencari angle pemotretan yang bagus
  2. Kuasai pencahayaan, harus pas, jangan over apalagi under.
  3. Kalau menggunakan model, tentukan konsep pemotretannya dan ini nanti terkait dengan wardrobe dan make-up.
  4. Ambil foto portrait jangan terlalu jauh dari subyek foto
  5. Untuk angle dari sisi si subyek, bisa ditanyakan angle mana dari di subyek yang dianggapnya terbaik dan eksplorasi di sana.
  6. Background apapun bisa bagus, asal jangan polos. Apalagi kalau menggunakan HUAWEI P30 Pro yang memiliki efek bokeh multi-layer, akan sayang kalau background polos.

Khusus smartphone HUAWEI P30 Pro, Diera memberikan acungan jempol. "HUAWEI P30 Pro bagus sekali. Dengan lensa Leica-nya, smartphone ini sangat bisa menghasilkan foto yang bagus," kata Diera. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

Kualitas lensa dan teknologi kamera yang dimiliki HUAWEI P30 Pro, membuat Diera tak ragu menggunakan smartphone ini untuk keperluan memotret pro. "Saya suka kemampuan smartphone ini, sehingga kalau bepergian dengan teman-teman, saya suka membawanya dan teman-teman juga sering meminta saya memotret mereka dengan smartphone ini," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

 

Di antara fotografi portrait yang paling menarik menurut Diera Bachir adalah foto pernikahan. "Pemotretan pernikahan sangat mengesankan sebab fotografer dituntut mengabadikan momen-momen yang luar biasa dalam kurun waktu yang tak bisa dibalikkan lagi. Runutan acara harus mengalir dan tak bisa diulang. Pengantin menginginkan sesuatu yang bisa dikenang selamanya," ujar Diera.

Selain pernikahan, ada banyak aplikasi lain foto portrait. Tapi ada satu hal penting yang harus ada dalam pemotretan portrait dan menjadi tantangan tersendiri, adalah terjalinnya chemistry antara fotografer dan talent atau model atau si subyek foto. Ada baiknya foto portrait menggunakan konsep sehingga menjadi unik.

"Kalau hal itu sudah terpenuhi, kini tinggal bagaimana mengutilisasi perangkat yang digunakan, dalam hal ini kamera di smartphone," tutur Diera.

 
 
 
View this post on Instagram

My spring journey in Japan. . . Video by @zaki_muhammad_ Editor @kevinjorgie Mua @victoria_makeupatelier

A post shared by * Diera Bachir Photography (@dierabachir) on

HUAWEI P30 Pro dapat menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh yang luar biasa. HUAWEI telah meningkatkan kualitas efek bokeh para kamera HUAWEI P30 Series dengan menambahkan sensor time-of-flight (ToF) sehingga menghasilkan efek bokeh multi-layer dan kedalaman yang presisi di belakang subyek foto.

Website benchmarking DxOMark memberikan skor tinggi pada kemampuan kamera HUAWEI P30 Series, khususnya P30 Pro, sehingga menduduki peringkat pertama jajaran kamera smartphone terbaik di dunia. Terkait efek bokeh yang dihasilkan smartphone ini, DxOMark menyatakan HUAWEI sungguh menghasilkan peningkatan luar biasa dan P30 Pro sudah menetapkan benchmark baru. Semua berkat salah satunya sensor ToF.

NEXT-IMAGE Masterclass Selanjutnya

Pemandangan indah bisa direkam dengan baik, tak peduli betapa sempit ruangnya, atau seberapa jauh jaraknya, sempurnakan dengan Huawei Ultra-Wide Angle dan Zoom mode melalui HUAWEI NEXT - IMAGE Masterclass - Wide Angle pada 26 Mei 2019 bersama Christina Tan.

Christina Tan adalah seorang influencer di bidang luxury travel yang telah bekerjasama dengan sejumlah penerbitan bergengsi seperti Forbes, Forbes Travel Guide, Condé Nast Traveller, dan berbagai hotel mewah di berbagai belahan dunia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai HUAWEI NEXT - IMAGE Masterclass silahkan kunjungi link berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penembakan Massal pada Sebuah Bar di Brasil, 11 Orang Tewas

Posted: 19 May 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Belém - Sebanyak 11 orang dilaporkan tewas dalam kasus penembakan massal di sebuah bar di Brasil, Minggu 20 Mei.

Situs web G1 mengutip laporan polisi bahwa tujuh pria bersenjata melakukan aksi penembakan di kota Belém, negara bagian utara Pará, yang juga melukai satu orang lainnya.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (20/5/2019), para penyerang tiba di bar dengan tiga mobil dan satu sepeda motor, sebelum membunuh enam perempuan dan lima laki-laki pada Minggu sore.

Hampir semua korban tewas mengalami luka tembak di kepala, lapor situs web G1 mengutip pernyataan sekretaris keamanan publik di Pará, Ualame Machado.

"Tentu saja kami memiliki beberapa jalur investigasi, yang bersifat rahasia, tetapi semuanya akan dianalisis dengan sangat hati-hati, sangat ketat," ujar Machado pada konferensi pers, sesaat setelah insiden penembakan.

Hingga Minggu malam, motif penembakan masih belum jelas dan tidak ada yang ditangkap.

Seorang juru bicara negara bagian Pará, Natalia Mello, hanya mengatakan: "Benar ada penembakan".

Rekor Kasus Pembunuhan Tertinggi pada 2017

Ilustrasi bendera Brasil (AFP)

Pada akhir Maret, pemerintah federal Brasil mengirim pasukan Garda Nasional ke Belem untuk memperkuat keamanan di kota itu selama 90 hari.

Menurut statistik resmi, Brasil mencapai rekor pembunuhan tertinggi pada 2017, yakni mencapai 64.000 kasus. Sebanyak 70 persen di antaranya disebabkan oleh senjata api.

Sebagian besar kekerasan yang terjadi di Brasil terkait dengan geng.

Pada bulan Januari, beberapa geng saling menyerang di Fortaleza, membuat kota itu lumpuh akibat berhentinya sarana transportasi lokal, dan tutupnya seluruh aktivitas komersial setempat.

Sementara di Rio de Janeiro, kota terbesar kedua di Brasil, sering terjadi baku tembak antara geng dan polis, yang berisiko membunuh orang-orang di sekitarnya.

Bolsonaro Janji Longgarkan Aturan Senjata Api

Kandidat sayap kanan Jair Bolsonaro memenangkan pemilihan presiden Brasil 2018 (AP/Silvia Izquierdo)

Salah satu janji kampanye utama presiden baru Brasil, Jair Bolsonaro, adalah melonggarkan undang-undang senjata Brasil yang ketat.

Alasannya adalah karena para penjahat --terutama anggota geng-- dipersenjatai dengan senjata yang diperoleh secara ilegal.

"Warga negara terhormat harus memiliki hak untuk membela diri," ujar Bolsonaro beralasan tentang pelonggaran aturan senjata api.

Janji tersebut memikat perhatian rakyat Brasil, meskipun jaksa federal setempat berusaha menempuh jalur hukum untuk memblokirnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komentar Tamara Bleszynski Tanggapi Keluhan Orang soal Makanan Indonesia

Posted: 19 May 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tamara Bleszynski menanggapi keluhan mengapa masakan Indonesia harus selalu dihargai lebih murah, daripada masakan-masakan luar.

"Bahan2 kita sama, rempah2 kita lebih byk malah..dan kita jg patuh pajak. Tidak ada alasan utk tdk menghargai masakan kita..," tulis Tamara dalam akun Instagram pribadinya, Minggu, 19 Mei 2019.

"Jadi, sebelum kamu mengeluh harga masakan lokal karena mahal, tapi kamu tdk mengeluh dgn hidangan masakan luar, padahal barangnya juga sama, sama2 telur," lanjut Tamara.

Telur, kata Tamar mencontohkan, yang lokal bahasanya telur orak-arik, dalam bahasa Inggris disebut scrambled egg.

"Tapi kalau kamu masih berfikir yg scrambled egg mustinya lebih mahal daripada telur orak arik...mari berfikir kembali. Dan mari mulai menghargai produk2 dan masakan2 lokal," kata Tamara Bleszynski.

Pujian Warganet

Tamara Bleszynski mengunggah potret tumpeng (Dok.Instagram/@tamarableszynskiofficial)

Pernyataan Tamara Bleszynski mendapat banyak meninggalkan dalam kolom komentarnya. Mereka banyak yang setuju dengan pernyataan Tamara.

"Ini contoh bule tapi sangat cinta produk lokal, tapi yng asli lokal sok kebule bulean...🤗," komentar akun @arifdwiaryanto.

"Kalau bukan kita yang menghargai karya bangsa, siapa lagi, mari kita utamakan karya anak bangsa, salut untuk Mba Tamara 🙏🙏🙏," tulis akun @e_trikora.

Tamara menegaskan, Indonesia kaya akan sumber daya alam. Kata Tamara, ketika kita paham betapa kayanya kita, kita paham betapa berharganya kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Mudik, Wajib Cek 11 Komponen Ini

Posted: 19 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang berminat mudik menggunakan mobil pribadi, sebaiknya melakukan cek rutin komponen kendaraan yang krusial seperti aki, oli, hingga kaki-kaki mobil.

Pengecekan rutin kendaraan memang terlihat sepele, namun sangat penting untuk dilakukan sehingga dapat menekan timbulnya masalah pada kendaraan sampai kepada meminimalisir kondisi fatal yang tidak diinginkan di perjalanan.

Menurut Astra Shop&Drive setidaknya ada 11 poin penting pengecekan sebelum kendaraan dipakai mudik dengan rute perjalanan jauh

Berikut komponen yang penting untuk diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik:

1. Kelistrikan dan air aki

Pengecekan pada sistem kelistrikan aki bertujuan untuk mengetahui tingkat voltase aki. Apabila tingkat voltase lemah, maka dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau aki soak di tengah perjalanan mudik.

Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali, karena jika terminal aki kendor pada nantinya dapat menyebabkan sistem kelistrikan yang tidak bekerja dengan sempurna.

Selain itu, kabel pada aki juga merupakan bagian yang tidak boleh dilupakan dalam pengecekan. Karena jika tidak terpasang dengan baik, maka akan menyebabkan korsleting sehingga dapat menyebabkan kabel aki meleleh bahkan menimbulkan percikan yang mengakibatkan terbakarnya kendaraan.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika air aki kering, maka akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik. Dengan mengganti aki baru sebelum mudik, tentunya akan menjamin kenyamanan dan keamanan selama perjalanan mudik.

 

2. Oli mesin, transmisi, dan gardan

 

Oli mesin, transmisi, maupun gardan juga tidak dapat diabaikan dalam pengecekan. Dengan melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen, maka penggantian oli menjadi hal yang penting untuk dilakukan dalam upaya mencegah kerusakan komponen, overheating, menurunnya kualitas mesin, dan borosnya penggunaan bahan bakar.

3. Shock absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terlebih lagi di jalanan yang tidak dapat diduga pada perjalanan mudik. Maka dari itu, pengecekan Shock absorber harus dilakukan juga agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

4. Filter udara

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, pemborosan bahan bakar, suara mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.

5. Filter oli dan AC

Agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan membuat mesin terawat dengan baik, filter oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli juga tidak boleh luput dari pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Tidak hanya itu, filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit jangka panjang bagi seluruh penumpang dalam mobil.

6. Tekanan angin

Menjaga tekanan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik, mampu membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, menjaga daya tahan ban dengan lebih baik, serta dapat menghemat bahan bakar.

 

 

 

7. Minyak rem

 

Rem merupakan hal yang vital selama berkendara, minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem, sehingga harus dilakukan pengecekan rutin untuk kualitas minyak rem yang sedang digunakan.

8. Air radiator

Sistem pendinginan mesin juga harus dijaga dengan cukupnya air radiator untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air dan menyebabkan mesin panas atau overheat.

9. Semir ban

Dengan menyemir ban secara rutin, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang membandel, membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli, dan tentu saja dapat memberikan perawatan agar ban tetap terjaga elastisitasnya.

10. Kondisi wiper blade

Wiper memerlukan pengecekan rutin, agar pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jernih dan tidak terganggu dengan segala kotoran yang menempel.

11. Lampu utama dan sein

Terakhir, cek kondisi lampu utama maupun lampu sein, apakah lampu tersebut masih layak digunakan atau tidak. Juga periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

Dengan melakukan 11 poin pemeriksaan rutin tersebut, diharapkan perjalanan mudik Anda lebih aman dan menyenangkan.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Cegat Puluhan Penumpang Bus Tujuan Jakarta Asal Sumba

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebanyak 26 orang penumpang bus asal Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) diamankan aparat Kepolisian, Minggu malam (19/5/2019). Mereka diamankan karena hendak berangkat ke Jakarta dengan tujuan yang tidak jelas. Para pemuda ini berangkat ke Jakarta secara gratis dan mengaku dikoordinir seseorang.

Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi yang memimpin langsung razia kepada Liputan6.com mengatakan, setelah dilakukan pencegatan dan pemeriksaan bus dari Bali, penumpang menuju Jakarta itu tidak jelas tujuannya. 

"Saat ini kita bawa 26 penumpang ini ke Polres Banyuwangi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," katanya.

Saat diperiksa di dalam bus, mereka mengaku sebagai anak buah kapal (ABK) yang akan berangkat ke Jakarta. Padahal kapal yang mereka awaki menurut mereka berada di Bali. Anehnya lagi tidak ada satu pun dari mereka yang memiliki Buku Pelaut.

Tidak hanya itu, mereka juga tidak tahu alamat tujuannya di Jakarta. Mereka mengaku hanya mengikuti perintah bosnya untuk pergi ke Jakarta. Akomodasi mereka juga sudah ditanggung orang yang mengkoordinir.

"Kita pertegas tujuannya ke jakarta untuk apa. Tadi kita tanya jawabannya tidak tahu dan berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Karena ini terorganisir ya, satu kelompok, ada yang mengorganisir untuk melakukan pemberangkatan ke Jakarta. Makanya untuk memperjelas tujuannya ke Jakarta untuk apa nanti kita lakukan pemeriksaan di kantor," katanya.

Razia ini dilakukan di pintu keluar Pelabuhan Penyeberangan Ketapang. Dalam razia yang dimulai pukul 21.00 WIB, ini petugas Kepolisian yang dibantu personil TNI melakukan pemeriksaan menyeluruh pada seluruh kendaraan yang baru turun dari kapal untuk masuk ke Jawa. Tidak hanya kartu identitas, seluruh barang bawaan mereka juga diperiksa.

Minggu malam, Polres Banyuwangi bersama TNI melaksanakan kegiatan razia dalam rangka Operasi Pekat Semeru 2019. Tujuannya adalah antisipasi peredaran miras narkoba dan barang peledak.

"Kita juga melaksanakan kegiatan pencegatan massa yang akan berangkat ke Jakarta dalam rangka pengumuman hasil perhitungan suara pada 22 Mei," ucapnya.

Selain di Pelabuhan Ketapang, Petugas gabungan juga melakukan kegiatan yang sama di Stasiun Banyuwangi Baru. Sasarannya adalah penumpang kereta api tujuan Surabaya. Identitas dan barang-barang penumpang kereta api juga diperiksa.

"Kita melakukan hal ini untuk mengantisipasi ke depan supaya situasi Banyuwangi maupun Jakarta tetap kondusif. Karena Banyuwangi sebagai pintu masuk ke pulau Jawa yang paling timur," ujar Taufik menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Honda Lebih Kuat di MotoGP Prancis, Dovizioso Gaungkan Alarm Bahaya

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Le Mans- Andrea Dovizioso pantas lega karena masih bisa finis di posisi dua pada MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans, Minggu (19/5/2019). Karena posisi ini, Dovizioso hanya terpaut 8 poin dari Marc Marquez di puncak klasemen MotoGP.

Ini gap terdekat antara Dovizioso dengan Marquez di tiga tahun terakhir. Pada lima seri di 2017, Dovizioso terpaut 31 poin. 

Musim lalu lebih jauh lagi karena Dovizioso terpaut 49 poin sebelum raih posisi dua di klasemen akhir MotoGP 2018. Lalu kenapa fakta-fakta ini tak membuat Dovizioso tenang?

Dia malah menggaungkan sinyal bahaya untuk Ducati.Dia mengatakan pabrikan asal Italia itu harus berbenah kalau ingin bersaing dengan Marquez.

Catatan Marquez memang kemilau karena memenangkan 3 dari 5 balapan yang sudah berlangsung. Sedangkan Doviziso baru menang satu seri saja di MotoGP 2019.

 

 

Sinyal Bahaya

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. (Twitter Ducati)

Yang lebih berbahaya, Honda kini sudah bisa mengimbangi kecepatan Ducati di trek lurus. Ini sesuatu yang tak pernah terjadi sebelumnya.

Inilah yang dimaksud sinyal bahaya oleh Dovizioso. Soalnya, Marquez sudah bisa menghilangkan kekurangan di motornya yaitu akselerasi di trek lurus.

"Saya senang raih 20 poin dan kami masih berpeluang. Tapi di sisi lain, kami harus paham dan menganalisa akhir pekan ini karena kami harus menemukan sesuatu," ujar Dovizioso seperti dikutip crash.

"Marquez dan Honda sedikit lebih kuat dibandingkan kami. Kami harus temukan sesuatu untuk perbaiki waktu lap jadi kami bisa mengelola ban dengan lebih baik."

Tak Ada Team Order

Di luar itu, Dovizioso mengaku senang karena Ducati tidak menerapkan Team Order di balapan. Itu terlihat saat Danilo Petrucci beberapa kali mencoba untuk melewatinya tapi gagal.

"Kalau di F1 bisa dilakukan, tapi di MotoGP tidak, dan utamanya tidak di awal musim," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Pekan, Harga Cabai dan Bawang Putih Turun di Pasar Pondok Gede

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sempat berada di kisaran Rp 80 ribu per kilogram (kg), saat ini harga bawang putih berangsur turun. Saat ini harga bawang putih terpantau berkisar Rp 50 ribu per kg di Pasar Pondok Gede, Bekasi.

"Sudah seminggu turun harganya, dan sekarang cenderung stabil," ujar Mulki kepada Liputan6.com saat ditemui di Pasar Pondok Gede, Bekasi, Senin (20/5/2019).

Tidak hanya bawang putih saja yang mengalami penurunan, hal yang sama juga berlaku pada harga bawang merah, cabai bahkan tomat.

Saat ini harga bawang merah stabil berada di kisaran Rp 34 ribu per kg. Sementara harga cabai masih berkisar Rp 40 ribu per kg. Sedangkan untuk harga tomat masih stabil di kisaran Rp 12 ribu per kg. "Tomat masih standar segitu," ujar Johan.

Sementara itu, harga komoditas sayuran masih terpantau stabil dan aman karena tidak mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Namun hanya brokoli lah yang saat ini mengalami peningkatan harga menjadi Rp 34 ribu per kg, yang biasanya hanya dijual dikisaran Rp 20 ribu per kg.

"Baru tiga hari brokoli naik, tapi sayuran lainnya masih aman dan standar," tandas Mulki.

Harga Akhir Pekan Lalu

Ilustrasi Bawang Putih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Harga komoditas cabai berangsur turun pada pekan kedua Ramadan 2019. Tak hanya cabai, komoditas bawang putih juga perlahan turun dimana harganya sempat melambung tinggi.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (17/5/2019), harga-harga komoditas sayuran di Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan terpantau kompak turun.

Pedagang sayur, Ria (23) hari ini membanderol harga cabai rawit merah sebesar Rp 20 ribu per kilogram (kg) dan cabai keriting merah besar Rp 25 ribu per kg.

"Bawang putih dan bawah merah juga turun. Bawang putih biasa sekarang Rp 40 ribu per kg, bawang putih kating Rp 55 ribu per kg. Kalau bawang merah Rp 35 ribu per kg," ujarnya di Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Untuk tomat dan timun ia menjual masing-masing seharga Rp 12 ribu dan Rp 10 ribu per kg.

Senada, Sumiyati (34) mengatakan dirinya saat ini menjual bawang putih dan bawang merah seharga Rp 40 ribu per kg dan Rp 37 ribu per kg.

Sementara itu, dia membanderol cabai rawit merah dan cabai keriting merah kompak di harga Rp 25 ribu per kg.

"Iya, sudah pada turun sekarang, enggak kaya kemarin-kemarin," terangnya.

Sebagai acuan saja, berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga cabai rawit merah ialah Rp 37.200 per kg dan cabai keriting merah Rp 32.300 per kg.

Sedangkan harga bawang putih untuk ukuran sedang dipatok seharga Rp 46.050. Ini merupakan harga rata-rata dan perubahan per 17 Mei 2019.

Stok Surplus, Harga Pangan Terjaga Saat Ramadan

Pemerintah memastikan ketersediaan bahan pangan selama Ramadan hingga Lebaran 2019 nanti akan tercukupi bahkan berlebih. Harga pangan kepada masyarakat juga tetap terjaga.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan, pemerintah memahami ada tren peningkatan konsumsi komoditas pangan seperti telur dan daging ayam, sapi selama periode Ramadan hingga Idul Fitri.

"Intinya, kita memahami betul jelang Ramadan dan Idul Fitri ada peningkatan khusus. Menghadapi Ramadan, biasa mulai naik 3 hari sebelum tanggal masuk. Seminggu masuk Ramadan, permintaan turun. Tapi seminggu sebelum idul Fitri, nanti ada peningkatan lagi," paparnya dalam Forum Merdeka Barat (FMB) di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Dia melanjutkan, pemerintah pada saat 3-5 bulan sebelum Lebaran biasanya telah merencanakan ada peningkatan produksi, yakni dengan menambah luas lahan tanam berbagai komoditas pangan.

Hasilnya, ia mensyukuri stok pangan yang terbilang surplus sampai memasuki Lebaran mendatang. "Alhamdulillah, pasokan ketersediaan kita dibanding kebutuhan, ini surplus," sambungnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifah Machmud menyampaikan, berbagai instansi pemerintah telah berkoordinasi untuk mengantisipasi adanya tren peningkatan pangan seperti telur, daging sampai cabai hingga 10-20 persen.

"Sebenarnya antisipasi hak bulan Ramadan dan hari raya lebaran, kita sudah lakukan koordinasi terkait penyediaan kebijakan stok. Seperti bersama Kementan, kita mengkomunikasikan soal ketersediaan pangan pokok, dan bersama Bulog kita komunikasikan soal beras," paparnya.

"Kami meyakinkan ketersediaan itu ada. Dua tahun terakhir, Alhamdulillah kita bisa jaga harga pangan stabil," dia menandaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gabung Ekosistem Wizphone Bisa Gonta-ganti Smartphone Tanpa Biaya

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wizphone baru saja mengumumkan sejumlah program baru untuk kembali meramaikan pasar Tanah Air. Kali ini, Wizphone hadir melalui program harga bundel smartphone dengan gelang kesehatan.

Tidak hanya itu, Wizphone juga menghadirkan program khusus yang memungkinkan pengguna bisa membeli smartphone dengan sistem kredit lebih mudah. Sejumlah produk yang dapat dibeli dalam program ini adalah smartphone dari Realme dan Blaupunkt.

"Kami mulai membuka keran pre-order Wizphone hari ini. Untuk delivery ke user mulai 28 Mei sampai 29 Mei. Kemudian, akan kami buka lagi setelah libur Lebaran," ujar CEO WizPhone M. Gopal Utiarrachma dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (20/5/2019).

Konsumen yang tertarik dengan program ini dapat mengaksesnya langsung melalui situs resmi Wizphone. Nantinya, konsumen akan mendapat penawaran smartphone terbaru dengan harga mulai Rp 2,3 juta dan Rp 2,7 juta, termasuk gelang Wizband yang dibanderol Rp 899 ribu.

Lebih lanjut, Gopal menuturkan saat konsumen sudah membeli smartphone dari ekosistem Wizphone atau memakai Wizband, mereka dapat memperoleh benefit berupa kredit utang termasuk berganti-ganti smartphone tanpa perlu membelinya.

Untuk mengikuti program ini, pengguna cukup mengikuti petunjuk aturan main di ekosistem Wizphone. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengajak 15 teman lain bergabung ke dalam ekosistem Wizphone dengan membeli smartphone atau Wizband. 

"Kumpulkan Wizpoint sebanyak-banyaknya untuk ditukarkan dengan Wizphone impianmu tanpa harus beli lagi. Gonta-ganti ponsel tanpa perlu keluar duit lagi," ujar Gopal melanjutkan.

Cara Mengumpulkan Wizpoint

Program baru Wizphone yang diluncurkan di Indonesia (sumber: istimewa)

Untuk mengetahui lebih lengkap cara mengumpulkan Wizpoint, berikut ini adalah beberapa langkahnya :

1. Belanja menggunakan digital credit card Bayar Nanti. Dapatkan gratis Wizpoint dan tambahan plafon digital credit card Bayar Nanti sesuai dengan total jumlah belanjaan.

 2. Dapatkan juga gratis Wizpoint dan tambahan plafon digital credit card Bayar Nanti dengan cara mengunduh, memasang, dan mendaftarkan diri ke aplikasi yang dipromosikan melalui aplikasi Allwiz. Setiap aplikasi punya bobot Wizpoint yang berbeda-beda. Ikuti petunjuk dan penjelasannya di aplikasi Allwiz.

 3. Bagikan kode rekomendasi (referral code) kepada teman-teman, dan dapatkan gratis Wizpoint serta tambahan plafon digital credit card Bayar Nanti untuk setiap user yang bergabung menggunakan referral code milikmu.

4. Lihat iklan/promosi yang memberikan benefit gratis Wizpoint dan juga tambahan plafon digital credit card Bayar Nanti.

5. Beli produk yang dipromosikan melalui aplikasi Allwiz, dapatkan gratis tambahan Wizpoint dan tambahan plafon digital credit card Bayar Nanti.

6. Setiap penambahan Wizpoint, otomatis plafon digital credit card pengguna juga akan bertambah.

Digital Credit Card dari Wizpoint

Program digital credit card Wizphone yang dapat digunakan di Alfamart (sumber: istimewa)

Gopal juga menuturkan salah satu aplikasi lokal yang wajib dipasang di smartphone adalah aplikasi Urbanasia yang sudah tersedia di iOS Apple Store dan Google Play Store. Informasi aplikasi juga dapat diakses di situs resmi Urbanasia.

"Urbanasia bangga bisa ikut mendukung ekosistem aplikasi lokal yang ada di Wizphone. Kami juga ikut memberikan benefit berupa poin yang nantinya juga bisa digunakan untuk pengguna," kata CEO Urban Asia Media, Achmad Rouzni Noor II.

Nantinya, poin itu dapat ditambahkan pula ke dalam digital credit card yang ada di Wizphone dan dapat dimanfaatkan untuk belanja di Alfamart. Adapun digital credit card Wizphone ini merupakan hasil kerja sama dengan BNI.

Cara memperoleh kartu kredit digital ini juga mudah dan dapat langsung disetujui. Wizphone menyebut kartu kredit digital ini tidak akan mengambil data kontak pengguna, tanpa bunga dan biaya administrasi tahunan, termasuk biaya penalti jika terlambat membayar.

"Bahkan, kalau user meninggal dunia pun, seluruh tagihan akan dihapus alias dianggap lunas. Ini berlaku untuk seterusnya," tutur Gopal.

Selain Realme dan Blaupunkt, smartphone lain yang akan menyusul dalam katalog pembelian adalah merupakan produk Samsung, Oppo, Vivo, dan termasuk iPhone keluaran Apple.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Ketika Turun Hujan

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan hari ini berisi doa yang kita baca ketika sedang turun hujan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini dan Luna Maya Berjumpa Tanggal 23 Mei 2019?

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan Syahrini dan Luna Maya dikabarkan merenggang setelah pernikahan pelantun lagu "Restu" dengan Reino Barack mencuat ke masyarakat.

Apalagi pernikahan Syahrini berlangsung tak lama setelah Reino Barack dan Luna Maya putus cinta. Pada akhirnya, Reino Barack pun memutuskan memilih Syahrini sebagai pelabuhan terakhir hidupnya.

Sejak menikah dengan Reino Barack, Syahrini tak pernah lagi terlihat bersama Luna Maya.

Padahal, sebelum momen pernikahan, Syahrini dan Luna Maya berteman dekat. Hal tersebut diketahui dari rekam jejak foto-foto keduanya yang banyak terlihat di media sosial.

Bakal Bertemu?

Poster promo acara Shopee Big Ramadhan Sale

Yang menarik, Syahrini dan Luna Maya didapuk sebagai pengisi acara bertajuk Shopee Big Ramadhan Sale. Acara tersebut disiarkan langsung oleh stasiun televisi SCTV dan ANTV pada 23 Mei 2019 pada pukul 19.00 WIB.

Namun, belum bisa dipastikan apakah Luna Maya dan Syahrini bakal sepanggung mengisi acara tersebut.

Jika hal itu terjadi, maka acara milik e-commerce yang pernah mendatangkan Blackpink ke Indonesia itu, akan menorehkan sejarah baru di panggung hiburan nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Meghan Markle dan Pangeran Harry Akan Menjadi Vegan?

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putra Meghan Markle dan Pangeran Harry, Archie Harrison Mountbatten-Windsor mungkin belum genap satu bulan. Namun, sebuah rumor yang beredar menyebutkan bahwa kedua orangtuanya akan membiasakan diet vegan bagi buah hati mereka.

New York Post melaporkan bahwa rumor tersebut berasal dari orang dalam istana Kerajaan Inggris. Meski begitu, Ratu Elizabeth tampaknya menentang keinginan Meghan Markle dan Pangeran Harry tersebut.

"Membuat bayi menjadi seorang vegan tentu saja tidak akan ditoleransi oleh monarki," kata sumber tersebut.

Melansir Health pada Senin (20/5/2019), diet vegan memang banyak dipraktikkan oleh orang-orang dewasa. Beberapa juga setuju pola makan semacam ini menyehatkan. Namun, tepatkah ini untuk bayi?

 

Kemungkinan Lebih Kurus

Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menamai putra mereka Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Terlihat Ratu Elizabeth II dan Pangeran Phillip bertemu dengan cicit mereka, bersama dengan ibu Meghan, Doria Ragland. ( Chris Allerton, Sussex Royal)

Lauren Blake, dietisien di Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Ohio, Amerika Serikat mengatakan bahwa diet vegan memiliki konsekuensi apabila diberikan pada anak-anak.

"Mereka cenderung memiliki asupan serat yang lebih tinggi karena mereka makan lebih banyak buah dan sayuran, kolesterol, lemak jenuh, dan kadar lemak total yang lebih rendah," kata Blake.

"Penelitian juga menunjukkan anak-anak vegetarian atau vegan secara keseluruhan lebih kurus."

Maka dari itu, daging, unggas, dan produk susu bernutrisi sangat dibutuhkan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Di sisi lain, diet vegan masih memiliki manfaat yang hampir sama. Contohnya zat besi yang ada dalam daging merah juga bisa ditemukan di sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

 

Orangtua harus Lebih Berhati-hati

Meghan Markle dan Pangeran Harry tampil pertama kali dengan buah hati. (Dominic Lipinski / POOL / AFP)

Meski pola makan vegan sudah lengkap, tetap saja dibutuhkan pemantauan pertumbuhan anak agar mereka mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Menurut Tanya Altman, dokter anak dari American Academy of Pediatrics menegaskan bahwa orangtua dari anak yang vegan harus ekstra waspada akan pola makan dan perkembangannya.

"Kita memang melihat anak-anak tidak tumbuh dengan baik ketika orangtua membatasi hal-hal tertentu dalam makanan anak," kata Altman.

"Ini biasa terlihat di keluarga vegan dan terkadang perlu campur tangan. Apabila mereka bekerja dengan dokter anak atau ahli diet terdaftar, itu akan baik-baik saja."

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Perang Besar dan Bersejarah yang Terjadi di Bulan Ramadan

Posted: 19 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ramadan bukan hanya bulan suci bagi umat Islam. Di bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk menahan diri dari lapar dan haus serta menghindari amarah. Ramadan juga bulan suci saat Alquran diturunkan. Namun, di bulan suci ini pula, pernah terjadi peperangan yang sangat dahsyat dan berarti bagi umat Islam.

Liputan6.com telah merangkum peperangan yang terjadi di bulan suci Ramadan. Apa saja?

1. Perang Badar

Perang Badar Al Kubra terjadi pada bulan Ramadan tahun kedua sesudah Hijrah. Umat Islam berhasil memenangi perang ini. Dalam sejarah, inilah kemenangan agung pertama pejuang-pejuang Islam menentang kemusyrikan dan kebatilan. Kisah Perang Badar adalah peritiwa yang paling terkenal dan sangat banyak terdapat hikmah dan pelajaran di dalamnya.Rasulullah memimpin langsung aksi penyerangan yang hanya melibatkan sekitar 313 orang muslim, 8 pedang, 6 baju perang, 70 ekor unta, dan 2 ekor kuda. Sedangkan kaum Quraisy memiliki 1.000 orang, 600 persenjataan lengkap, 700 unta, dan 300 kuda.Namun, semangat jihad yang membara di bulan Ramadan membuat pasukan Islam berhasil menewaskan tiga pimpinan perang dari kaum Quraisy, yakni Utbah, Syaibah, dan Walid bin Utbah.

 

 

 

 

 

Perang Khandaq

Ilustrasi penaklukan Kota Yerussalem oleh Umar bin Khattab (Liputan6/Istock)

2.  Perang Khandaq

Perang Khandaq dikenal juga sebagai Pertempuran Al Ahzab atau Pertempuran Konfederasi. Perang yang terjadi pada tahun 5 Hijriah merupakan perang yang dilakukan dengan taktik membuat parit untuk melindungi Madinah. Perang ini melibatkan 3.000 pasukan Muslim melawan 10.000 pasukan musuh yang terdiri atas Bani Quraisy, Bani Nadir, Bani Sulaym, dan Bani Murra.

Berdasarkan teknik perang yang diajarkan oleh Salman dari Persia, Rasulullah memerintahkan untuk menggali parit untuk mengecoh musul hanya dalam waktu enam hari sebelum musuh tiba.

Berkat taktik parit besar yang digali, pihak musuh menjadi kesulitan untuk menyerang kaum muslim. Selama dua minggu, mereka hanya berbalas umpatan tanpa bisa menyebrang. Setelah 25 hari, akhirnya pihak musuh menyerah dan diadili.

Penaklukkan Kota Makkah

Ilustrasi Kakbah di Mekkah pada 1800-an (Liputan6/Istock)

3. Penaklukan Kota Makkah

Peristiwa penaklukan Kota Makkah disebut juga dengan Fathu Makkah. Peristiwa ini terjadi pada bulan Ramadan tahun ke delapan sesudah Hijrah. Dengan peristiwa ini, Allah menyelamatkan Kota Makkah yang awalnya penih kesyirikan dan kezaliman menjadi kota bernafaskan Islam, dengan ruh tauhid dan sunnah. Kota Makkah pun kini menjadi kota dengan lambang keimanan dan kepasrahan kepada Allah ta'ala.

Fathu Makkah didasarkan pada dilanggarnya Perjanjian Hudaibiyah. Nabi lantas memerintahkan para sahabat untuk menyiapkan senjata dan menyerang Makkah. Sebanyak puluhan ribu pasukan ikut bersama Rasulullah. Sebelum sampai ke Makkah, berbondong-bondong kerabat Nabi menyatakan taubat. Nabi pun menerima taubat mereka, termasuk Abbas, paman Beliau bersama keluarganya. Ada pula sepupu Nabi, Ibnul Harits dan Abdullah bin Umayyah—yang dulu permusuhannya sangat keras terhadap Nabi.

Rasulullah membagi dua pasukannya untuk memasuki Kota Makkah. Khalid bin Walid ditempatkan di sayap kanan untuk memasuki Makkah dari dataran rendah, sementara Zubair bin Awwam memimpin pasukan sayap kiri dan membawa bendera Nabi SAW melalui dataran tinggi.

Lalu Nabi Muhammad mengitari Kakbah dan bertakbir di setiap sudutnya. Dia menyatakan sejak saat itu Makkah menjadi kota suci dan kaum Quraisy dimuliakan oleh Allah. Bersamaan dengan itu, Nabi membaca firman Tuhan:

إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا

"Sesungguhnya kami memberikan kepadamu kemenangan yang nyata." (Qs. Al Fath: 1)

 

 

Perang Ain Jalut

Fathu Makkah adalah pembebasak Kota Mekkah dari kaum musyrik (Liputan6/Istock)

4. Perang Ain Jalut

Perang Ain Jalut mungkin tak begitu popular. Perang Ain Jalut merupakan perang besar yang terjadi pada 3 September 1260 antara orang-orang muslim Mamluk (Turki) dengan bangsa Shamanis Mongol. Ini adalah perang perang dengan kekalahan pertama pasukan Mongol setelah sebelumnya mereka telah menaklukkan negeri-negeri besar lainnya, termasuk Cina.

Hal ini berawal dari ambisi Jongke Khan, cucu Jengis Khan, untuk menaklukkan Mamluk, Mesir. Qutuz, pempimpin Mesir, merasa ciut nyalinya karena jumlah pasukan yang sangat besar. Namun dia menyusun strategi dengan menyembunyikan pasukan di bukit-bukit serta memancing pasukan Mongol dengan pasukan kecil.

Wafatnya Mongke Khan di tengah penaklukan pun merupakan pertolongan sendiri dari Allah. Para pemimpin senior pun kembali ke ibu kota Korakorum untuk menghadiri upacara pemakaman, sehingga pasukan yang tersisa berkurang separuhnya. Akhirnya pasukan Qutuz pun berhasil mengalahkan pasukan Mongol dengan semangat pertempuran yang menyala-nyala.

Perang Tabuk

Perang tabuk adalah perang terakhir yang diikuti Rasulullah SAW

5. Perang Tabuk

Perang Tabuk sebenarnya dimulai pada bulan Rajab kesembilan Hijriyah. Namun, pada 26 Ramadan, Rasulullah baru kembali dari peperangan tersebut setelah memperoleh kemenangan. Sejarah Perang Tabuk pun menjadi sejarah peperangan terakhir yang diikuti oleh Rasulullah SAW. Rasulullah juga memimpin langsung perang antara tentara Muslim dan pasukan Bizantium atau Romawi Timur tersebut.

Berdasarkan sirah Nabi, ada banyak penyebab yang menyebabkan terjadinya Perang Tabuk. Salah satunya adalah munculnya ancaman dari Ukaidir bun Abdil Malik, seorang Nasrani yang juga pemimpin dari daerah Dumah. Ukaidir mengancam akan memberontak dengan bantuan dari pasukan Romawi. Namun, oleh Nabi, ancaman ini mampu dibendung dan dipadamkan. Sahabat Khalid bin Walid pun menjadi panglima dalam perang ini. Ukaidir akhirnya kalah dan ditawan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbeda Agama, 5 Seleb Ini Tetap Dampingi Pasangannya Berpuasa

Posted: 19 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cukup banyak artis muslim di Indonesia yang memilih pasangan hidup berbeda agama. Meski memutuskan untuk menikah dengan pasangannya yang berbeda agama, namun pernikahan mereka tetap harmonis dan langgeng hingga sekarang.

Selalu saling dukung satu sama lain dalam menjalankan ibadah, apalagi saat memasuki bulan Ramadan. Beberapa ada yang membuatkan makanan sahur, bahkan ikut bangun dan menemani sahur untuk menghormati pasangannya yang berbeda agama.

Ada beberapa selebriti Indonesia yang kini tengah menjalankan ibadah puasa dan selalu didukung oleh pasangannya meski berbeda keyakinan.

Berikut ulasan 5 seleb yang dampingi pasangannya meski berbeda agama yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/5/2019). 

Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara

nadine dimas anggara

Nadine Chandrawinata & Dimas Anggara bisa dibilang adalah pasangan yang berbeda agama satu sama lain. Salutnya, walaupun berbeda agama, keduanya saling memberikan dukungan masing-masing.

Nadine yang notabene bukan seorang muslim kerap memberikan dukungan bagi Dimas saat sedang berpuasa. Dimas memutuskan untuk mempersunting Nadine pada tahun 2018.

Rio Febrian dan Sabria Kono

Rio Febrian terkenal sebagai penyanyi yang membawakan lagu-lagu bertema cinta. Setelah menjalin asmara selama 3 tahun dengan Sabria Kono, mereka pun menikah pada 3 Februari 2010 di Bangkok. (Foto: instagram.com/sabriakono)

Walaupun menganut agama kristen, namun Rio Febrian sesekali berpuasa juga lho. Dirinya berpuasa karena ingin menemani sang istri, Sabria Kono dalam menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, Rio juga sering mengikuti acara-acara Ramadan yang digelar oleh keluarga Sabria.

Rio Febrian dan Sabria Kono adalah pasangan selebriti yang memutuskan untuk menikah namun berbeda agama. Pasangan ini menikah pada tahun 2010 dan sudah dikaruniai dua orang anak.

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen

Nia Zulkarnaen memutuskan menikah dengan Ari Sihasale di Perth, Australia pada 25 September 2003. Nia beragama Islam dan Ari beragama Kristen. (Istimewa)

Ari Sihasale sangat menghormati sang istri, Nia Zulkarnaen apalagi di bulan puasa ini. Dirinya bahkan sering menemani Nia makan sahur. Toleransi kedua pasangan ini cukup tinggi ya.

Ari Sihasale dan Nia Zulkarnaen adalah pasangan seniman yang sudah lama berhubungan dengan rumah tangga. Mereka resmi menikah pada tahun 2003 dan masih langgeng hingga sekarang.

Irfan dan Jennifer Bachdim

Pasangan ini memang cocok disebut sebagai couple goals. (Sumber foto: jenniferbachdim/instagram)

Irfan Bachdim dan Jennifer Bachdim merupakan pasangan yang berbeda agama, namun sangat menjunjung toleransi yang tinggi. Jennifer pun menghormati Irfan saat dirinya sedang melaksanakan ibadah puasa. Mereka berdua memutuskan menjalin hubungan rumah tangga pada tahun 2011 dan sudah dianugerahi dua orang anak.

Meski Jennifer bukan seorang muslim, dirinya juga menyiapkan kebutuhan Irfan saat berpuasa, seperti menyiapkan makanan untuk sahur dan juga berbuka.

 

Frans Mohede dan Amara

Frans Mohede dan Amara (Instagram)

Frans masih kerap menemani sang istri, Amara untuk berpuasa Ramadan. Bahkan dirinya juga ikut bangun sahur dan ikut berpuasa pula.

Keduanya saling menghrmati agama masing-masing. Amara pun bahkan melakukan hal serupa saat Frans sedang melakukan ibadah.

Frans Mohede dan Amara Anggana adalah anggota grup musik Lingua yang terkenal di era 90-an. Mereka akhirnya memutuskan menikah pada tahun 1999 dan dikaruniai tiga orang anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Tolak Mainkan Gareth Bale untuk Semua Laga Real Madrid

Posted: 19 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Zinedine Zidane tampaknya tidak akan peduli jika salah satu pemain Real Madrid, Gareth Bale, bertahan atau tidak. Sang pelatih itu bahkan tak tertarik untuk memainkannya meskipun Los Merengues punya jatah empat pergantian pemain.

Bale adalah salah satu dari sekian pemain yang masa depannya sedang diragukan belakangan ini. Setelah bertahun-tahun bermain di bawah bayang-bayang Cristiano Ronaldo, pemain asal Wales tersebut justru gagal untuk membuktikan dirinya sebagai bintang baru Real Madrid.

Pada musim ini, ia hanya mampu membukukan 14 gol dan enam assist dari 42 penampilannya di musim ini. Bahkan, pada laga penutup La Liga pada hari Minggu (19/5) kontra Real Betis, ia harus menghabiskan waktu 90 menit sebagai penghangat bangku cadangan.

Di sepanjang pertandingan, daya gedor Real Madrid masih belum cukup untuk membongkar pertahanan Real Betis. Idealnya, Zidane memasukkan Bale agar menambah peluang Los Merengues untuk mencetak gol.

Tapi pria asal Prancis tersebut membiarkannya duduk di bangku cadangan sampai wasit meniupkan peluit panjang. Alhasil, Real Madrid pun harus menerima kekalahan 0-2 sebagai penutup musim yang buruk ini.

Jelas, setelah pertandingan, awak media menanyakan soal alasannya membiarkan Gareth Bale jadi penghangat bangku cadangan di saat timnya butuh gol. Dengan tegas, ia menyatakan keengganannya menurunkan mantan pemain Tottenham tersebut.

"Saya bergantung kepada pemain lain dalam beberapa pekan terakhir, dan bila saya punya pergantian pemain keempat hari ini, saya tidak akan memainkannya," tutur Zidane seperti yang dikutip dari Goal.

 

Gestur Perpisahan

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, tidak tahu tentang masa depan Gareth Bale. (AFP/Gabriel Bouys)

Selain Bale, Keylor Navas juga merupakan salah satu pemain yang masa depannya sedang diragukan. Usai melawan Real Betis, ia bahkan memberikan gestur perpisahan dengan melambaikan tangan kepada fans di bangku penonton.

Dalam beberapa kesempatan, di era pelatih-pelatih sebelumnya, kiper asal Kosta Rika tersebut lebih sering dicadangkan karena kehadiran penggawa baru, Thibaut Courtois. Namun sejak Zidane pulang, ia mulai mendapatkan kesempatan lebih reguler.

"Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Saya ulangi, maaf, tapi saya tidak tahu," tambahnya.

Tidak Berpengaruh

"Keylor bermain dengan baik hari ini, para penggemar merasa senang, hanya itu saja. Musim depan, kami akan lihat kapan kami kembali ke sini," terangya.

Kekalahan atas Real Betis tersebut sejatinya tidak berpengaruh banyak pada posisi Madrid di klasemen akhir La Liga. Mereka tetap bertahan di peringkat tiga karena tertinggal cukup jauh dari Atletico Madrid dan tak bisa dikejar penghuni posisi empat, Valencia.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kompetisi Pesawat Kertas Legendaris di Austria

Posted: 19 May 2019 08:54 PM PDT

Peserta Indonesia berpartisipasi pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Para peserta diuji keterampilan kreatif dalam melipat dan menerbangkan pesawat kertas di ajang kompetisi pesawat kertas terbesar di dunia ini. (ALEX HALADA / AFP)

Peserta Indonesia berpartisipasi pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Para peserta diuji keterampilan kreatif dalam melipat dan menerbangkan pesawat kertas di ajang kompetisi pesawat kertas terbesar di dunia ini. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta melipat pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Lebih dari 170 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta melipat pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Lebih dari 170 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. (ALEX HALADA / AFP)

Peserta bersiap menerbangkan pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Mereka diuji keterampilan kreatif dalam melipat dan menerbangkan pesawat kertas di ajang kompetisi pesawat kertas terbesar di dunia ini. (ALEX HALADA / AFP)

Peserta bersiap menerbangkan pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Mereka diuji keterampilan kreatif dalam melipat dan menerbangkan pesawat kertas di ajang kompetisi pesawat kertas terbesar di dunia ini. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta menerbangkan pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Lebih dari 170 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta menerbangkan pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Lebih dari 170 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta melipat pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Mereka diuji keterampilan kreatif dalam melipat dan menerbangkan pesawat kertas di ajang kompetisi pesawat kertas terbesar di dunia ini. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta melipat pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Mereka diuji keterampilan kreatif dalam melipat dan menerbangkan pesawat kertas di ajang kompetisi pesawat kertas terbesar di dunia ini. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta menerbangkan pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Lebih dari 170 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. (ALEX HALADA / AFP)

Seorang peserta menerbangkan pesawat kertas pada ajang kompetisi Red Bull Paper Wings World Final 2019 di Salzburg, Austria pada 17 Mei 2019. Lebih dari 170 peserta dari seluruh dunia berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu jarak terpanjang, waktu terpanjang, dan aerobatik. (ALEX HALADA / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Tolak Laporan Kubu 02 Soal Kecurangan Terstruktur, Sistematis, dan Masif

Posted: 19 May 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bawaslu menolak laporan yang dilayangkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019. Dengan demikian, badan yang menangani menengahi pelanggaran itu tidak akan melanjutkan laporan tersebut.

"Menetapkan, menyatakan laporan dugaan pelanggaran administratif Pemilu TSM tidak dapat diterima," kata Ketua Bawaslu Abhan dalam pembacaan putusan laporan di Gedung Bawaslu, Senin (20/5/2019).

Keputusan ini ditetapkan pada rapat pleno Bawaslu pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2019. Putusan tersebut termaktub dalam putusan nomor 01/LP/PP/ADR/TSM/RI/00.00/V/2019.

"Dengan demikian dugaan pelanggaran pemilu TSM putusan nomor 01/LP/PP/ADR/TSM/RI/00.00/V/2019 kami nyatakan selesai," ungkap dia.

Bawaslu menilai, barang bukti yang dibawa oleh BPN tak cukup mendukung adanya indikasi kecurangan seperti yang dilaporkan. Bukti print out berita online tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus didukung dengan alat bukti lain berupa dokumen, surat, maupun video yang menunjukkan adanya perbuatan masif yang dilakukan oleh terlapor.

"Yang terjadi paling sedikit di 50 persen dari jumlah daerah provinsi di Indonesia," kata Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo.

Keputusan tersebut termaktub dalam pleno Bawaslu yang tertuang dalam putusan bernomor 01/LP/PP/ADR/TSM/RI/00.00/V/2019, tertanggal 15 Mei 2019.

Menurut Abhan, laporan yang dilayakan Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso, tersebut tidak berlanjut ke proses hukum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kalimat Perpisahan Pemain Game of Thrones

Posted: 19 May 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Serial Game of Thrones memasuki episode terakhirnya hari ini. Beberapa pemainnya mengunggah ucapan perpisahan di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Bom Hantam Bus Pariwisata Dekat Piramida Mesir, Tidak Ada Korban Jiwa

Posted: 19 May 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Kairo - Sebuah bom meledak di dekat piramida Giza yang terkenal di Mesir dan menghantam sebuah bus pariwisata.

Insiden terjadi pada Minggu, 19 Mei 2019 dengan 17 orang luka-luka. Di antara korban cedera adalah warga Afrika Selatan dan Mesir yang tengah berada di dekat kendaraan.

Bom meledak tiba-tiba di pinggir jalan saat bus sedang bergerak di Giza, menurut sumber keamanan sebagaimana dilansir dari Channel News Asia pada Senin (20/5/2019).

Hingga berita ini terbit, tidak ada kematian yang dilaporkan terkait ledakan bom tersebut.

Afrika Selatan menyatakan bahwa bom yang menghantam bus itu melukai tiga warganya yang merupakan bagian dari kelompok wisatawan.

Menurut sumber keamanan, mereka yang dirawat terluka akibat goresan pecahan kaca.

"Sebuah alat meledak dan menghancurkan jendela sebuah bus yang mengangkut 25 orang dari Afrika Selatan dan sebuah mobil pribadi yang membawa empat warga Mesir," kata sumber keamanan itu.

Dari rekaman vidoe AFP, diketahui jendela bus dan mobil pecah di sisi jalan akibat bom tersebut.

Bukan Kali Pertama

Bus wisata dan mobil yang rusak setelah ledakan bom terparkir di pinggir jalan dekat Piramida Giza, Kairo, Minggu (19/5/2019). Menurut sumber keamanan, para korban luka kebanyakan dikarenakan akibat terkena pecahan kaca. (AP Photo/Mohammed Salah)

Insiden hari Minggu serupa dengan apa yang terjadi pada Desember tahun lalu. Saat itu, bom meledak di pinggir jalan di Mesir, menewaskan tiga wisatawan Vietnam dan pemandu wisata lokal dari Negeri Piramida.

Para korban terbunuh saat mereka melakukan perjalanan di dekat piramida Giza.

Tragedi nahas itu terjadi sekitar satu bulan sebelum Piala Afrika yang diselenggarakan oleh Mesir akan dimulai.

Mesir memang sering bergejolak sejak turunnya presiden Morsi pada 2013, dan digantikan oleh mantan jenderal militer Abdel Fattah al-Sisi. Sejak saat itu, perjuangan melawan pemberontakan semakin sering dilakukan.

Pada bulan Februari 2018, tentara meluncurkan operasi nasional yang berfokus pada gerilyawan, khususnya pada wilayah Sinai Utara.

 

Pariwisata Bangkit?

Seorang pria menunggang unta dengan latar belakang piramida Khafre yang berada di dataran tinggi Giza di pinggiran barat daya ibukota Kairo, Mesir (6/12). (AFP Photo/Mohamed El-Shahed)

Sejak pemerintahan Sisi, sekitar 650 militan dan 45 tentara tewas. Sisi memang menampilkan dirinya sebagai benteng melawan terorisme, selain menjanjikan stabilitas dan meningkatnya keamanan.

Baru-baru ini, industri pariwisata vital negara itu mulai perlahan-lahan bangkit kembali setelah mengalami pukulan keras karena serangan mematikan yang menargetkan turis setelah kekacauan tahun 2011.

Angka oleh badan statistik resmi menunjukkan bahwa kedatangan wisatawan mencapai 8,3 juta pada 2017, dibandingkan dengan 5,3 juta pada tahun sebelumnya.

Tetapi angka itu masih jauh dari catatan masuknya wisatawan pada 2010, ketika lebih dari 14 juta pengunjung berbondong-bondong untuk melihat situs negara itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FPTI Pilih 10 Atlet Panjat Tebing untuk Seleksi Olimpiade 2020

Posted: 19 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tim pelatih dan manajemen PP Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) sudah mengantongi 10 nama yang akan mengikuti seleksi olimpiade 2020. 10 atlet ini terdiri dari 5 atlet putra dan putri.

Untuk atlet putra telah terpilih lima atlet yang akan mewakili Indonesia di seleksi olimpiade 2020. Mereka yakni Alfian M Fajri dari Jawa Tengah, Aspar Jaelolo dari DKI Jakarta, Fathur Roji dari Jatim, Rivaldi Ode R dari Bali, dan Sabri dari Kalimantan Utara.

Sementara, untuk putri akan diperkuat Aries Susanti Rahayu dari Jawa Tengah, Nurul Iqamah dari NTB, Fitria Hartani dari Jawa Timur, Salsabila dari Jabar, dan Choirul Umi dari Jawa Timur.

Selama berlatih, para atlet ini akan didukung dua atlet sebagai sparring partner yakni Jamal Alhadad dari Kalimantan Timur dan Rahmayuna Fadillah dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ada pula atlet yang terdegradasi dan tak ikut seleksi Olimpiade 2020 yakni Temi Teli Lasa dari Bali dan mengundurkan diri yakni Agustina Sari dari Jawa Tengah. Oleh karena itu, dipilihlah atlet berbakat dengan kriteria yang sudah ditetapkan dan terukur misalnya catatan prestasi dan peringkat nasional.

 

Hasil Pelatnas

Alfian M Fajri sukses merebut emas pada kejuaraan dunia panjat tebing bertajuk IFSC Climbing world Cup (dok: FPTI)

Manajer Tim Panjat Tebing Indonesia Pristiawan Buntoro mengatakan, 10 atlet tersebut terpilih berdasarkan berjalannya pelatnas sejak Februari dan try out di empat seri Worldcul di Swiss, Rusia, dan China.

"Pelatnas ini konsentrasinya untuk prakualifikasi Olimpiade. Laga di luar negeri kemarin untuk mengukur kemampuan para atlet setelah berlatih keras di pelatnas," katanya.

Tim panjat tebing telah kembali ke Indonesia dan langsung disambung latihan yang lebih intensif. Fokus tim panjat tebing dalam berlatih adalah mempertahankan keunggulan di nomor speed, sembari memperkuat nomor lead dan boulder lantara Olimpiade Tokyo mempertandingkan nomor combined.

Tiga event penentu lolos atau tidaknya telah menghadang di depan mata yakni seleksi di World Championship pada Agustus 2019, prakualifikasi Olimpade pada November, dan satu event lagi pada Mei 2020.

"Untuk Agustus nanti kami bisa mengirimkan lima atlet putra dan putri untuk ikut event. Untuk single event di November ada syarat khusus yakni hanya atlet yang masuk peringkat 20 dunia di kategori speed, atau lead, atau boulder yang berhak ikut seleksi," katanya.

Berdasarkan peringkat dunia, baik di nomor speed world record putra dan putri Indonesia telah mengamankan masing-masing tiga dan dua atlet. Di kategori putra atlet yang masuk peringkat 20 besar dunia yakni Alfian M Fajri di peringkat lima, Aspar Jaelolo peringkat tujuh, dan Fathur Roji peringkat sembilan. Sementara, di nomor putri Aries Susanti Rahayu bertengger di peringkat empat dunia dan Nurul Iqamah di peringkat 20.

Promosi dan Degradasi

Promosi dan Degradasi Tim Pelatnas Pra Olimpiade Tokyo 2020:

 

PUTRA:

1. Alfian M Fajri / Jateng

2. Aspar Jaelolo / DKI

3. Fathur Roji / Jatim4

. Rivaldi Ode R / Bali

5. Sabri / Kaltara

 

PUTRI

1. Aries Susanti Rahayu/ Jateng

2. Nurul Iqamah/ NTB

3. Fitria Hartani/ Jatim

4. Salsabila/ Jabar

5. Choirul Umi/ Jatim

 

Sparring Partner:

1. Jamal Alhadad/ Kaltim

2. Rahmayuna Fadillah/ DIY

 

Degradasi:1. Temi Teli Lasa/ Bali

Mengundurkan diri:1. Agustina Sari/ Jateng

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Seleb Muslim yang Absen Puasa di Bulan Ramadan Tahun Ini

Posted: 19 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan telah memasuki minggu kedua. Pada bulan suci ini masyarakat yang beragama Islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Dalam ajaran agama Islam, puasa merupakan bagian dari rukun Islam sehingga wajib dilaksanakan. 

Walaupun ibadah yang wajib dilaksanakan ketika bulan Ramadan, namun ada beberapa golongan atau kelompok yang dapat ditoleransi alias diperbolehkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa.

Salah satunya adalah wanita hamil, sedang menyusui, nifas dan dalam masa haid. Golongan ini akan membayar puasanya dikemudian hari. 

Seperti diketahui bahwa pada bulan ini banyak seleb yang melahirkan buah hatinya sehingga harus absen dari puasa Ramadan tahun ini. Deretan seleb cantik ini harus absen lantaran masih dalam masa menyusui buah hati serta masih nifas pasca melahirkan.

Dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (20/5/2019) berikut seretan seleb yang tak jalani puasa Ramadan tahun ini. 

1. Ardina Rasti

Ardina Rasti

Artis cantik yang pertama adalah Ardina Rasti. Ardina melahirkan buah hatinya pada akhir tahun lalu.

Ia dikaruniai anak berjenis kelamin laki-laki bernama Anara Langit Adria Respati. Usia buah hatinya yang belum genap 6 bulan, Ardina disarankan oleh dokter untuk tidak berpuasa pada tahun ini karena harus memberikan ASI eksklusif. 

2. Tya Aristya

Tya Ariestya (Foto: Instagram)

Tya Ariestya adalah sartis selanjutnya yang harus absen puasa di bulan Ramadan tahun ini. Pasalnya pada tanggal 30 April lalu, Tya Ariestya melahirkan anak di RSIA Bunda Menteng, Jakarta Pusat.

Masih dalam masa pasca melahirkan atau nifas dan memberikan ASI, Tya harus absen dari puasanya tahun ini. 

"Karena masih nifas, jadi kayaknya‎ enggak puasa," ujar Tya Ariestya di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis(2/5/2019).

3. Rini Yulianti

(Instagram/riniyulianti)

Melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki pada 3 November 2018 lalu, Rini Yulianti juga tak jalani ibadah puasa Ramadan tahun ini. Ia mengaku takut jika asupan ASI-nya berkurang.

Selain itu ia juga siap untuk membayar puasanya karena harus berfokus pada Xavier, buah hatinya. 

4. Fairuz A Rafiq

Fairuz A. Rafiq (Foto: Instagram)

Fairuz A Rafiq masih memberikan ASI ekslusif untuk buah hatinya, Queen Eijaz Slofa, yang lahir Mei 2018. Karena itu, pada Ramadan 1440 H ini Fairuz A Rafiq mengaku tidak ikut menjalani ibadah puasa. 

Fairuz A Rafiq ingin memberikan yang terbaik buat anaknya, sampai usianya menginjak dua tahun dan berhenti ASI. 

5. Tasya Kamila

Tasya Kamila

Artis cantik yang baru saja melahirkan, Tasya Kamila harus rela tak dapat jalani ibadah puasa Ramadan di tahun ini. Tasya Kamila resmi menjadi seorang ibu setelah melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin laki-laki di Brawijaya Woman and Children Hospital, Senin (13/5/2019.

Masih dalam kondisi nifas, Tasya tak bisa jalani ibadah puasanya tahun ini demi mengurus buah hatinya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Jalan Perbatasan Jadi Akses Wisata Padang Savana di NTT

Posted: 19 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Atambua - Pengerjaan jalan perbatasan RI-Timor Leste di Nusa Tenggara Timur (NTT) atau yang dikenal dengan istilah Sabuk Merah, rupanya turut menguak keindahan alam di Pulau Timor yang selama ini belum banyak terekspos.

Salah satunya Fulan Fehan, hamparan perbukitan yang menyajikan pemandangan eksotik berupa padang savana hijau. Lokasinya berada di Kabupaten Belu, NTT, dan tak jauh dari proyek Sabuk Merah Sektor Timur sepanjang 179,9 kilometer (km).

"Itu adalah destinasi wisata yang menurut saya sangat bagus, karena ada (padang) savana di perbatasan yang bisa dijangkau lebih mudah dengan keberadaan jalan perbatasan," ungkap Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja di Atambua, NTT, Minggu (19/5/2019).

Fulan Fehan sendiri menawarkan pemandangan alam berupa padang rumput hijau berbalut kabut tebal dan awan. Lokasinya berada di lembah kaki Gunung Lakaan, Desa Dirun, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, NTT.

Di sana, pengunjung bisa melihat gerombolan kuda dan sapi yang hidup secara berkelompok.

Selain itu, tempat tersebut turut ditumbuhi beberapa komoditas tumbuhan lokal yang memiliki nilai ekonomis kuat, seperti kayu manis, daun kelor, hingga jambu mete.

 

Belum Tersentuh

Perjalanan darat menuju Kecamatan Amfoang Timur, NTT, yang berbatasan dengan Distrik Oecusse, Timor Leste, sulit ditempuh. (Foto: Dok. Pribadi/Raja Amfoang, Robby G.J. Manoh/Liputan6.com/Anri Syaiful)

Modal tersebut kemudian dimanfaatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beserta Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kabupaten Belu, yang memprakarsai penyelenggaraan Festival Fulan Fehan pada 2017 dan 2018 lalu.

Festival tersebut diramaikan oleh kehadiran ribuan penari Likurai, seni tari tradisional masyarakat Kabupaten Belu yang memeriahkan dua kali pelaksanaan acara.

Kendati begitu, segala kekayaan yang dimiliki Fulan Fehan ternyata masih belum banyak tersentuh untuk dijadikan sebuah destinasi wisata. "Belum, masih asli alam," ujar Camat Lamaknen Selatan, Wendy Meak.

Wendy mengatakan, pemerintah daerah setempat sebenarnya sudah memiliki rencana untuk mengembangkan kawasan tersebut. Namun masih terkendala oleh sebab keterbatasan dana.

Dia pun menyatakan, sampai hari ini belum ada inisiasi lebih lanjut baik dari pihak pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat untuk merangkai Fulan Fehan menjadi sebuah destinasi wisata tersendiri.

"Belum. Tapi tempatnya sudah mulai banyak dilirik turis. Cuman mau dikelola, ini belum," pungkas dia.

Jalan Perbatasan Indonesia-Timor Leste Bertambah Jadi 179 Km

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun jalan perbatasan di sisi terluar Indonesia. Salah satunya jalan perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikenal dengan istilah Sabuk Merah.

Pengerjaan jalan yang berada di garis batas antara Indonesia-Timor Leste ini terbagi dalam dua sektor, yakni Sabuk Merah Sektor Timur sepanjang 179,9 km dan Sabuk Merah Sektor Barat dengan panjang sekitar 130,88 km.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.5 Provinsi NTT Kementerian PUPR, Rofinus Ngilo, mengatakan, proses pengerjaan saat ini masih berfokus pada Sabuk Merah Sektor Timur yang menghubungkan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain dan PLBN Motamasin.

Dia menambahkan, pengerjaan jalur perbatasan tersebut juga mengalami penambahan panjang sekitar 3 km dari semula 176 km menjadi 179 km lantaran ada perubahan trase.

"Panjang jalan Sabuk Merah Sektor Timur sekarang 179,99 km, hampir 180 km. Sebelumnya kan sekitar 176 km. Tapi karena ada jalur pengerjaannya berpindah, total panjangnya bertambah sekitar 3 km," jelas dia di Atambua, NTT, Minggu (19/5/2019).

Hingga akhir 2018 lalu, total panjang jalan yang sudah teraspal mencapai 85 km. Untuk tahun ini, Rofinus melanjutkan, pihaknya menargetkan bisa mengaspali jalan sampai sekitar 46 km.

"Jadi sampai 2018 kita bangun 85 km jalan perbatasan yang sudah beraspal. Untuk tahun ini kira-kira 46 km. Jadi sampai akhir 2019 sudah ada sekitar 131 km yang sudah beraspal," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Lawan Main Lee Min Ho di Drama Terbaru

Posted: 19 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Usai menjalani wajib militer, Lee Min Ho langsung melakukan syuting untuk penggarapan serial drama terbarunya. Kabarnya, drama yang dimainkan Lee Min Ho berjudul The King: The Eternal Monarch.

Di drama tersebut, Lee Min Ho bakal reuni dengan penulis drama Kim Eun Sook. Keduanya pernah bekerjasama dalam The Heirs.

Sosok aktris yang disebut sebagai pasangan dari Lee Min Ho disebut-sebut sebagai Kim Go Eun yang sebelumnya juga penah kolaborasi dengan Kim Eun Sook dalam drama populer, Goblin. Ternyata kabar itu bukan sekedar rumor belaka.

Senin (20/5/2019), seperti dilansir dari Soompi, rumah produksi Hwa&Dam Pictures resmi mengumumkan kalau Kim Go Eun menjadi pemeran utama wanita dalam drama yang dibintangi Lee Min Ho.

 

 

Kemampuan Kim Go Eun

Kim Go Eun (Foto: Soompi.com)

Artinya ini kedua kalinya Kim Go Eun bertemu lagi dengan penulis Kim Eun Sook. Hwa&Dam Pictures pun memberikan keterangan soal terpilihnya Kim Go Eun sebagai lawan main Lee Min Ho di drama yang punya genre fantasi ini.

"The King: The Eternal Monarch akan menjadi drama fantasi tentang dua paralel universe dari Republik Korea dan Kerajaan Korea. Kim Go Eun akan memerankan dua karakter berbeda, sebagai detektif Jung Tae Eul di Republik Korea dan seorang kriminal Luna di Kerajaan Korea," ujar pihak Hwa&Dam.

Mereka juga lalu memberikan alasan kenapa memilih Kim Go Eun dalam drama ini. Rupanya mereka yakin dengan kemampuan sang aktris.

 

 

Drama Romantis

Lee Min Ho (Twitter/Minoz)

"Tak akan mudah memerankan dua karakter berbeda sebagai detektif dan kriminal. Kami percaya dengan kemampuan Kim Go Eun sebagai seorang aktris, dia telah menunjukkannya di berbagai film dan perannya di Goblin, di mana dia menunjukkan perkembangan karakter dari gadis menjadi wanita dewasa. Dia akan mampun secara sukses memerankan dua karakter," kata Hwa&Dam.

The King: The Eteranl Monarch juga punya genre romantis. Kaisar dari Kerajaan Korea, Lee Gon, bekerja sama dengan detektif Jung Tae Eul untuk menutup pintu antara dua dunia. Lee Min Ho sudah dikonfirmasi memerankan karakter Lee Gon.

 Drama ini akan mulai syuting paruh kedua 2019 dan rencananya tayang pada 2020.  (Kapanlagi.com/ Rahmi Safitri)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari Real Betis, Real Madrid Siap Buang 9 Pemain

Posted: 19 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Real Madrid menutup pekan terakhir La Liga pada hari Minggu (19/5) dengan kekalahan 0-2 atas Real Betis. Seiring dengan hasil buruk tersebut, tersiar kabar bahwa ada sembilan pemain yang siap didepak pada bursa transfer musim panas nanti.

Musim 2018/2019 ini bisa dibilang berjalan buruk untuk tim berjuluk Los Merengues tersebut. Saking buruknya, mereka sampai harus melakukan tiga pergantian pelatih di sepanjang musim ini.

Bahkan pelatih ketiganya, Zinedine Zidane, belum lama menikmati masa-masa menganggurnya setelah memilih angkat kaki dari Santiago Bernabeu pada bulan Mei lalu. Dan pria asal Prancis itu pun tak bisa menyelamatkan Real Madrid di musim ini.

Sepertinya, akan ada perombakan besar-besaran dari Madrid pada bursa transfer musim panas nanti. Menyusul kekalahan atas Betis, klub raksasa Spanyol tersebut dilaporkan akan cuci gudang dengan melepas sembilan pemainnya.

Yang pertama adalah Gareth Bale. Penyerang asal Wales itu sudah lama diberitakan akan didepak dari Santiago Bernabeu menyusul kegagalannya menggantikan peran sang bintang, Cristiano Ronaldo, pada tahun 2018 lalu.

Selain itu, gajinya yang cukup tinggi bisa membuat Real Madrid lebih leluasa untuk merekrut bintang baru. Apalagi belakangan ini mereka terus diisukan akan memboyong Eden Hazard dari genggaman klub Premier League, Chelsea.

Di sektor pertahanan sendiri juga diprediksi akan ditinggal oleh tiga pemain sekaligus, yakni Nacho Fernandez, Jesus Vallejo, dan Sergio Reguilon. Ketiganya tidak mendapatkan kesempatan bermain secara reguler dan mungkin bakalan hengkang pada musim depan.

 

Gestur Kepergian

Gelandang Real Madrid, Dani Ceballos, posisinya tidak terjamin musim depan. (AP/Alvaro Barrientos)

Real Madrid juga diyakini akan ditinggal oleh salah satu kipernya, Keylor Navas. Kiper asal Kosta Rika tersebut sempat menunjukkan gestur kepergian dengan melambai kepada suporter usai dihajar dua gol oleh pemain Real Betis.

Navas mungkin bermain lebih sering sejak Zidane menduduki pos kepelatihan Real Madrid untuk kedua kalinya. Tetapi, kemungkinan besar ia hanya akan menjadi pilihan kedua setelah penjaga gawang asal Belgia, Thibaut Courtois.

Isco menjadi nama selanjutnya yang diyakini bisa dipersilahkan pergi dari Real Madrid. Sebelum Zidane pergi, ia sempat menjadi salah satu andalan di sektor tengah. Namun kini, pria berumur 27 tahun tersebut lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan.

Opsi Terbaik

Status pemain baru juga tidak menjamin Mariano Diaz bertahan di Los Merengues. Direkrut dari Lyon dengan biaya 23 juta euro pada tahun 2018 silam, juga mengenakan nomor punggung Cristiano Ronaldo, ia tidak memberikan dampak berarti untuk Real Madrid.

Terakhir, ada duo pemain muda, Marcos Llorente dan Dani Ceballos. Kedua sosok yang berposisi sebagai gelandang itu jarang mendapat kesempatan bermain sehingga meninggalkan Real Madrid adalah opsi terbaik untuk mereka.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Diminta Tak Khawatir Jelang Pengumuman Hasil Pilpres

Posted: 19 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengusaha mulai khawatir jelang pengumuman hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 22 Mei 2019 oleh Komisi Persaingan Usaha (KPU). Terlebih dengan munculnya isu adanya aksi unjuk rasa hingga ancaman teror pada saat pengumuman berlangsung.

Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan, ‎adanya kekawatiran pelaku usaha menjelang pengumuman hasil Pilpres merupakan sesuatu yang wajar dan perlu disikapi dengan bijak. Sebab, pelaku usaha selalu mengharapkan situasi dan kondisi yang kondusif, aman dan nyaman sehingga tidak mengganggu aktivitas bisnis dan perekonomian.

"Terlebih Jakarta sebagai kota jasa, pusat perputaran hampir 60 persen menguasai hampir 17 persen ekonomi Indonesia tentu uang Indonesia dan sangat sensitif dengan dapat mempengaruhi psiokologis pasar," ujar dia di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Namun demikian, Sarman tetap menghimbau agar pelaku usaha tidak perlu khawatir dan tetap menjalankan aktivitas usahanya seperti biasa.

Para pelaku usaha di pusat pusat perdagangan dan mall seperti pemilik toko, showroom, restoran, cafe dan usaha lainnya agar tetap buka sambil melihat situasi dan kondisi menjelang pengumuman hasil Pilpres oleh KPU pada 22 Mei nanti sehingga dapat mengantisipasinya.

"Kebetulan lokasi kantor KPU jauh dari pusat pusat bisnis, sehingga kalaupun ada kerumunan massa tidak akan mempengaruhi aktivitas bisnis. Yang kita rasa agar tetap berharapkan jika ada unjuk rasa bisa berjalan damai, aman dan kondusif. Tidak terjadi hal-hal yang dapat mengganggu ketenteraman ibu kota," kata dia.

Sarman juga mengaku yakin percaya aparat keamanan kita dapat mengawal pengumuman KPU secara profesional dengan mengedepankan dialog dan pendekatan yang persuasif sehingga para pengunjuk rasa merasa nyaman menyampaikan aspirasinya.

"Waspada boleh akan tetapi jangan terlalu khawatir, pelaku usaha harus optimis bahwa proses politik di tanah air akan berjalan dengan aman dan damai," lanjut dia.

 

Pesan Positif

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Selain itu, kata dia, pesan positif harus dapat kita tunjukkan kepada para investor sehingga setelah pengumuman hasil Pilpres mereka tidak ragu untuk segera menanamkan modalnya di Indonesia.

Para investor butuh kepastian hukum, kebijakan yang pro bisnis dan pro dunia usaha, serta pelayanan dan kondisi yang kondusif.

"Semoga ditengah gejolak perang dagang Amerika dan China, ekonomi kita tetap tumbuh dengan baik dan momentum Ramadan dan Idul Fitri dapat meningkatkan pertumbuhan konsumsi rumah tangga yang nanti mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional kuartal kedua, lebih baik dari kuartal pertama sebesar 5,07 persen, jauh dari target sebesar 5,2 persen," tandas dia.

Investor Percaya Indonesia, Aliran Dana Masuk Capai Rp 131 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat hingga tanggal 2 Mei capital inflow atau aliran modal asing dari investor yang masuk ke Indonesia telah mencapai Rp 131,1 Triliun. Dana tersebut masuk melalui berbagai instrumen keuangan ke pasar domestik. Terutama di pasar saham dan Surat Berharga Negara (SBN).

Hal itu disampaikan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo di Mesjid Kompleks Gedung BI, Jumat (3/5).

"Mengenai aliran modal asing sampai 2 Mei menunjukkan bahwa aliran modal asing year-to-date (ytd)Rp131,1 Triliun," kata dia.

Dia mengungkapkan, modal investor tersebut terdiri dari Rp 66,3 triliun masuk melalui SBN dan Rp 66,1 triliun masuk ke pasar saham.

"Kalau kita bandingkan SBN ytd sudah melebihi keseluruhan tahun 2018 yang saat itu Rp 57,1 trilun. Ini menunjukkan suatu confidence investor terhadap perekonomian Indonesia dan menariknya imbal hasil portofolio di Indonesia," ujarnya.

Dia mengungkapkan, peningkatan arus masuk terjadi cukup signifikan di pasar saham yang saat ini sudah tembus Rp 66,1 Triliun sementara tahun lalu hanya Rp 51,9 triliun. Hal itu disebabkan adanya realisasi investasi dan akuisisi pada sebuah bank.

"Mengenai aliran modal ke saham yang 66,1 triliun meningkat besar. Tahun lalu net outflow 51,9 triliun. Memang pada minggu lalu dari 66,1 triliun terbesar itu 50,1 triliun memang adanya realisasi investasi di sebuah bank nilainya cukup besar dan mulai direalisasikan dan tercatat di jumlah realisasi saham tadi," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu 

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Febri Ingin Persib Konsisten di Shopee Liga 1 2019

Posted: 19 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Febri Hariyadi sangat senang Persib bisa meraih kemenangan di Shopee Liga 1 2019. Ia berharap Tim Maung Bandung tetap konsisten hingga akhir musim nanti.

Persib mampu mengatasi Persipura dengan skor 3-0 pekan lalu. Tiga gol Persib dilesakkan oleh Artur Gevorkyan (dua gol) dan Febri menyumbang satu gol.

Kemenangan membuat Persib mengakhiri kutukan selalu tampil buruk dalam laga perdana. Mereka pun kini berada di posisi kedua klasemen Shopee Liga 1 2019.

"Tentu kami bersyukur bisa dapat tiga poin di laga pertama. Ini modal bagus untuk memulai kompetisi," kata Febri seperti dilansir laman resmi Persib.

"Semoga awal yang yang baik ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Soal cetak gol itu hanya bonus saja yang penting kerjasama tim," ujarnya menambahkan.

 

 

Kegembiraan Pelatih

Para pemain Persib Bandung merayakan gol yang dicetak Febri Hariyadi ke gawang Persipura Jayapura pada laga Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (18/5). Persib menang 3-0 atas Persipura. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kegembiraan yang sama dirasakan oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts.

"Saya hanya ingin katakan persib di awal kompetisi ini bermain bagus setelah beberapa musim kami tidak bisa menang di laga perdana. Penampilan mereka bagus dan mereka layak untuk menang," kata Robert Rene Alberts usai pertandingan.

Persib sendiri kemungkinan tidak akan bertanding pekan ini. Pasalnya izin keamanan untuk laga melawan Tira-Persikabo, Kamis (23/5/2019) belum keluar.

Skuat Persib Musim 2019

Skuat Persib

Kiper: M. Natshir, I Made Wirawan, Aqil Savik

Belakang: Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Frets Butuan, Zalnando, Saepul Maulana, Fabiano Beltrame, Bojan Malisic, Henhen Herdiana, Indra Mustafa

Tengah: Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar, Gian Zola, Wildan Ramdani, Erwin Ramdani, Syafril Lestaluhu, Esteban Vizcarra, Artur Gevorkyan, Abdul Aziz, Hariono, Ardi Idrus, Febri Hariyadi, Kim Jeffrey, Beckham Putra

Depan: Rene Mihelic, Ezechiel N'Douassel, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Tim Pelatih

Pelatih kepala: Robert Alberts

Asisten: Budiman

Pelatih kiper: Gatot Prasetyo

Pelatih fisik: Yaya Sunarya

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Hijrah, Irwansyah Tolak Adegan Mesra

Posted: 19 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak beberapa waktu belakangan, Irwansyah mulai mendalami ilmu agama. Selama proses berhijrah itu Irwansyah mengaku banyak berubah.

Dilansir dari Antaranews, suami Zaskia Sungkar itu lebih selektif menerima tawaran-tawaran syuting yang datang kepadanya. Aktor film Roh Fasik itu juga menolak untuk melakukan adegan-adegan mesra dengan lawan jenis.

"Misalnya peluk-pelukan, cium-ciuman, atau pegangan. Sebenarnya kalau enggak urgent banget aku enggak mau," ujar Irwansyah saat berkunjung ke Antara beberapa waktu lalu.

Suami dari Zaskia Sungkar itu bersyukur film terbarunya yang diproduseri Raffi Ahmad lebih fleksibel dalam menanggapi permintaannya. "Alhamdulillah di Roh Fasik ini Raffi mengizinkan itu," ujar dia.

Jadi Ustaz

Irwansyah

Dalam film horor tersebut, Irwansyah berperan sebagai seorang ustaz yang ternyata merupakan salah satu cita-citanya saat masih kecil. Saat belia, Irwansyah mendengar perkataan guru bahwa ustaz adalah salah satu orang yang bisa lebih dulu masuk surga.

"Waktu SD, kan suka ditanya mau jadi apa, mereka ketawa pas aku bilang mau jadi ustaz. Maksud aku, jadi ustaz mulia banget," kata dia.

Impian

Irwansyah dan Zaskia Sungkar

Ia mengaku masih ingin mewujudkan impian tersebut, meski yang harus dipertanyakan saat ini adalah kemampuannya.

"Ingin sih masih. Hanya mampu atau tidak? Mampu menjalaninya atau kadar ilmunya. Kadang semakin belajar, aku merasa semakin cetek banget. Kita enggak boleh sombong. Semakin ketemu guru yang pintar kita semakin merasa enggak ada apa-apanya." (Nanien Yuniar/Antaranews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Penumpang Gelap di Tengah Pengunjuk Rasa

Posted: 19 May 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap kelompok masyarakat berhak memperjuangkan kepentingannya. Namun tetap harus berada dikoridor hukum dan undang-undang. Maka masyarakat diimbau untuk menghilangkan ego kelompok yang melampaui batas toleransi hukum. 

Demikian ditegaskan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo. Dia menjelaskan bahwa ego kelompok dalam bingkai hukum dan undang-undang dipastikan tidak merusak stabilitas keamanan nasional dan ketertiban umum.

"Sebaliknya, jika ego kelompok dipaksakan untuk menabrak hukum dan undang-undang yang akan terjadi adalah benturan antar kelompok masyarakat. Bila terjadi benturan aparat keamanan harus bertindak tegas," ujar Bamsoet saat menghadiri acara berbuka puasa Partai Golkar bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/05).

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindutrian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Mensekneg Pratikno, Akbar Tanjung, Aburizal Bakrie dan Agung Laksono

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini berharap pengerahan massa ke gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada 20, 21 dan 22 Mei 2019 berlangsung tertib dan damai.

Harus diwaspadai adanya penumpang gelap yang sengaja ingin memanfaatkan situasi dan menciptakan 'martir' di tengah pengunjuk rasa.

"Sekali lagi, aktivitas pengerahan massa tetap harus sesuai aturan main atau berada dalam koridor hukum dan undang-undang. Agar suasana tetap kondusif, penyampaian aspirasi atas nama massa hendaknya juga dalam kerangka dialog antara perwakilan massa dengan wakil-wakil dari KPU dan Bawaslu," tegas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan massa diharapkan tidak memaksakan kehendak kepada KPU dan Bawaslu. Sebab, baik KPU maupun Bawaslu harus bekerja sesuai UU serta Tupoksinya. Itu karena menjadi sangat penting bagi penanggungjawab kegiatan, untuk selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan yang bertugas.

"Saya meminta kepada penanggungjawab kegiatan untuk mempertimbangkan kepentingan masyarakat pada umumnya. Waktu yang bertepatan dengan jadwal berkumpulnya massa di KPU dan Bawaslu adalah hari-hari kerja dan sekolah. Pemusatan massa di dua lokasi itu diharapkan tidak menimbulkan gangguan teramat serius terhadap arus lalu lintas di kawasan itu," tegas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Identifikasi Aset Ratusan Miliar Bermasalah di Papua

Posted: 19 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengidentifikasi sejumlah aset bermasalah di bawah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.

Aset dengan nilai hingga ratusan miliar rupiah itu, di antaranya sebuah tanah di Provinsi Papua sekurang-kurangnya senilai Rp 111 miliar. Hotel senilai Rp 96,5 miliar, serta tanah di Jakarta senilai sekitar Rp 107 miliar.

"KPK mengidentifikasi persoalan pada pengelolaan aset daerah. Hal ini menjadi temuan yang terus berulang dan menjadi rekomendasi dari BPK RI," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (20/5/2019).

Selain di Provinsi, KPK juga menemukan aset milik negara di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua yang masuk dalam daftar sengketa oleh KPK.

Yakni 71 kendaraan dinas yang dikuasai oleh pihak ketiga, 158 tanah berupa tanah jalan, tanah jaringan/saluran, tanah dan bangunan yang belum bersertifikat, 7 aset bermasalah berupa gedung perkantoran, pasar, sekolah, rumah sakit/puskesmas dan tanah jalan.

"KPK berupaya menggenjot optimalisasi pendapatan daerah, di antaranya dengan implementasi tax online di beberapa pemda yang telah siap serta optimalisasi sumber pendapatan lain yang sustainable," kata Febri.

Perlu Evaluasi

Febri mengatakan, evaluasi komprehensif atas kemajuan rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi sepanjang tahun 2018 perlu dilakukan guna menjaga keberlanjutan program perbaikan sistem dan tata kelola pemerintahan di Papua.

"Selain evaluasi, KPK juga mendorong Provinsi Papua menetapkan prioritas rencana aksi tahun 2019," kata dia.

Program pencegahan korupsi terintegrasi di Provinsi Papua meliputi 8 sektor yaitu perencanaan dan penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan jasa, Pelayanan terpadu satu pintu, Kapabilitas APIP, Dana Desa, Manajemen ASN, Optimalisasi Pendapatan Daerah, dan Manajemen Aset Daerah.

"Pagi ini tim KPK secara paralel melakukan koordinasi dengan Polda dan Kejaksaan Tinggi Papua terkait dengan koordinasi dan supervisi penindakan serta upaya penyelamatan aset," kata Febri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Caranya Berkendara Sopan Selama Bulan Puasa

Posted: 19 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara di bulan puasa dibutuhkan kesabaran ekstra. Sebagai pengguna sepeda motor, jalanan macet ditambah cuaca panas memang kerap memancing emosi. 

Namun, tak ada salahnya jika Anda tetap sopan dan tenang di jalan. Terlebih lagi, sekarang sedang dalam bulan puasa sehingga tak hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menjaga emosi.

Menurut akun Instagram @welovehonda_id, untuk jadi tetap sopan di jalan tidaklah sulit. Cukup gunakan klakson secara bijak. Membunyikan klakson hanya perlu dilakukan dalam keadaan mendesak sehingga orang lain tidak sampai emosi.

Selain itu, nyalakan lampu sein sesuai arah yang dituju. Jika tidak, pengendara lain tak hanya marah tapi juga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

 

 

Tetap Waspada

Lebih baik lagi apabila Anda sebagai pengendara motor mau memberi jalan bagi pengendara lain yang hendak mendahului. Siapa tau, orang itu sedang dalam keadaan terdesak. Selain itu, hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Anda pun tentunya harus tetap waspada dan mengikuti aturan yang berlaku. Berbagai berkas dan surat-surat resmi juga perlu dibawa untuk menghindari tilang.

Sumber : Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berjiwa Sosial Tinggi, 4 Artis Ini Aktif Kampanye Perangi Kanker

Posted: 19 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan ibu negara, Ani Yudhoyono tengah menjalani pengobatan di National University Hospital, Singapura. Seperti diketahui, Ani Yudhoyono sedang berjuang melawan penyakit kanker darah. Beberapa waktu yang lalu, akhirnya ibu Ani Yudhoyono mendapat izin dokter untuk menghirup udara segar Setelah beberapa bulan diisolasi di kamar perawatan. 

Kanker memang salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa manusia. Tak heran, jika banyak organisasi yang dibangun untuk membantu bahkan memberi semangat kepada penderita kanker di seluruh Indonesia. Sama halnya dengan deretan artis berikut ini, menjadi publik figur membantu mereka untuk terus menyemarakkan masyarakat untuk memperangi kanker di Indonesia.

Deretan seleb ini membantu menggalakkan masyarakat untuk memperangi kanker. Tak hanya itu, di antara mereka juga turut mendirikan yayasan sebagai bentuk peduli akan penyakit yang mematikan ini. Nah, siapa saja mereka? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (20/5/2019). 

1. Wulan Guritno

Wulan Guritno

Artis cantik Wulan Guritno memang aktif dengan gerakan peduli kanker. Bahkan di tengah kesibukannya, ia juga membangun Hope Foundation (Yayasan Dunia Kasih Harapan). 

Lewat kampanye bertajuk "Bracelet of Hope", Wulan Guritno menjual gelang yang dinamakan Gelang Harapan. Hasil penjualan tersebut selain untuk disumbangkan kepada para pengidap penyakit kanker, juga untuk fasilitas-fasilitas yang berguna bagi mereka.

2. Prilly Latuconsina

Prilly Latuconsina (Foto: Nurwahyunan/Bintang.com)

Artis cantik Prilly Latuconsina menjadi duta kanker serviks. Ia juga sering terlibat dalam aksi penyuluhan kesehatan. Tak heran jika Prilly merasa senang menjadi bagian dari penyuluhan ini.

Apalagi bisa dibilang kalau ia ada di garda depan untuk memberikan informasi tentang pentingnya vaksin untuk mencegah salah satu jenis kanker yang mematikan tersebut. 

3. Chelsea Islan

Chelsea Islan

Memiliki ibu seorang survivor kanker, membuat artis cantik ini menjadi duta kanker payudara khususnya Ambassador Lovepink. Chelsea mengaku bangga terhadap perjuangan sang ibu melawan dan menyuarakan kanker payudara.

Melalui Indonesia Goes Pink, Chelsea berharap teman-teman di luar sana semakin menyadari bahaya kanker payudara karena menurut statistik semakin banyak anak muda terdiagnosis kanker payudara.

 

4. Ria Irawan

Dalam pesannya juga, tertuliskan ucapan selamat Deddy untuk Ria, disertakan doa dan perasaan bahagia. Namun di akhir tulisannya, Deddy mengatakan dirinya tak kuat lagi menggendong tubuh Ria. (Deki Prayoga/Bintang.com)

Ria Irawan, salah satu artis  yang mengidap kanker. Pada tahun 2015 bersama alamarhum Jupe.ditunjuk menjadi Duta Kanker Indonesia di RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo). 

Wanita yang kini memutuskan berhijab ini mengaku senang bisa ditunjuk menjadi Duta Kanker. Dalam berbagai kesempatan, Ria  juga kerap memberikan motivasi pada penderita kanker agar para penderita kanker dapat berjuang melawan penyakitnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: