Selasa, 07 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Banyak Petugas KPPS Meninggal, PKS Setuju Pembentukan Pansus Pemilu

Posted: 07 May 2019 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid memyatakan, dirinya sangat memyetujui wacana pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pemilu 2019. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan mengingat banyaknya petugas KPPS yang meninggal dan sakit.

"Menurut saya ini diperlukan, karena misalnya terkait dengan kematian petugas KPPS saja sudah di atas 550 lebih malah," kata Hidayat saat hendak menghadiri Rapat Paripurna DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Hidayat menegaskan, masalah itu merupakan hal yang serius. Kendati begitu, menurutnya pembentukan tim investigasi pemilu tersebut bukan berarti ditujukan untuk mencari siapa yang salah. Melainkan, demi tujuan terselenggaranya pemilu yang lebih baik ke depannya.

"Ini saya sangat setuju, bahkan dari PKS mengusulkan Komnas HAM untuk meneliti beragam pelanggaran HAM yang terjadi dalam Pemilu 2019 ini," tuturnya.

Baginya, entah itu bentuknya pansus, tim investigasi, maupun Komnas HAM, evaluasi Pemilu 2019 secara menyeluruh harus segera dilakukan.

"Agar segera bisa dilakukan evaluasi maksimal untuk kemudian Pemilu 2024 nanti lebih selamat, lebih manusiawi untuk Indonesia bermartabat," ia mengakhiri.

Kini 440 Orang Meninggal

Sementara itu, Sekjen Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Arif Rahman memperbaharui jumlah korban yang gugur dalam menjalankan tugasnya sebagai kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Data per tanggal 4 Mei 2019, pukul 16.00 WIB, jumlah korban bertambah mencapai 440 orang.

"Jadi wafat bertambah menjadi 440 jiwa, sakit 3.788 orang, jadi total 4.228 bila ditotal," kata Arif lewat siaran pers yang diterima Liputan6.com, Sabtu, 4 Mei 2019.

Arif mengatakan, mengacu data sebelumnya pada 2 Mei 2019, jumlah KPPS meninggal sejumlah 412 jiwa. Sampai saat ini KPU mengaku belum menelusuri sebab musabab banyaknya petugas KPPS yang meninggal dunia.

Alasan sementara, mereka yang meninggal dunia diduga karena kelelahan akibat mengawal proses persiapan, pemungutan, dan penghitungan suara yang panjang dan berjenjang. Kendati KPU sendiri akan segera melakukan evaluasi tekait penyebab jatuhnya korban.

"Evaluasi ini penting, tentu menjadi suatu kebiasaan yang memang harus kita lakukan, jadi tetep saja kita lakukan evaluasi," papar Komisoner KPU Evi dalam kesempatan terpisah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Mapo Tahu, Mudah Membuatnya dan Dijamin Lezat

Posted: 07 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahu adalah salah satu bahan masakan yang banyak digunakan di berbagai menu makanan. Di antaranya, tahu gejrot, ketoprak, tahu campur lamongan, dan masih banyak lagi.

Tahu juga merupakan bahan makanan yang memiliki manfaat bagi tubuh. Mulai dari memperlambat proses penuaan, mengurangi risiko diabetes, sampai mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, tahu adalah bahan yang mudah ditemukan dan juga mudah untuk diolah untuk berbagai sajian. Nah, kali ini MasakTV akan berikan satu resep baru yang bisa Anda coba buat di rumah, yaitu mapo tahu.

Rasa lembut dari tahu dan juga ditambah dengan daging cincang, menambah kelezatan pada menu yang satu ini. Sajian ini bisa disantap bersama dengan keluarga di rumah. Ingin tahu bagaimana cara pembuatan mapo tahu? Simak selengkapnya di channel MasakTV di Vidio.com berikut ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bismillah dari Sabyan Gambus Siap Berkumandang Selama Ramadan

Posted: 07 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang bulan suci Ramadan, grup musik gambus, Sabyan, merilis album pertama bertajuk Bismillah. Ada sembilan lagu dalam album baru tersebut. 

Hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi personel Sabyan, yakni Nissa, Ayus, Kamal, Tebe dan, Sofwan. Apalagi ini adalah album pertama.

"Sangat senang, ini salah satu impian kita bikin album sendiri. Alhamdulillah kita diberi waktu kesehatan bisa bikin album pertama. Rilis pertama album menjelang Ramadan," kata vokalis Sabyan, Nissa, seperti dikutip dari kapanlagi.com

Pengerjaan album Bismillah tidak memakan waktu lama bagi Sabyan. Meski sibuk, album Bismillah dapat diselesaikan dalam waktu satu bulan.

"Album Bismillah ini kebetulan proses yang sangat cepat ya, satu bulanan. Ya, tambah mixing sama master ya satu bulanan-lah," kata Nissa.

Proses pembuatan album perdana Sabyan ini sangat berkesan karena dikerjakan dalam waktu yang singkat. Namun, Sabyan tetap menjaga kualitas dari album tersebut. "Proses pembuatan albumnya dari hotel ke hotel, itu paling berkesan. Proses dari hotel ke hotel, keterbatasan waktu, kualitas tetap kita jaga. Satu hari ada kita kayak karantina enggak ke mana-mana. Recording lagu aja," ucap keyboardis Sabyan, Ayus.

Selain itu, Sabyan memang sengaja merilis lagu menjelang bulan Ramadan. Menurut Ayus,  masyarakat dapat menikmati lagu dalam album Bismillah sambil berpuasa."Ini bertepatan dengan bulan Ramadan, menyesuaikan dengan tema. Dengan album religi ini diharapkan masyarakat muslim bisa menikmati lagu-lagunya dengan didatangkan nikmat puasa. Kami juga berharap album ini sukses penjualannya," ucap Ayus.        

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri BUMN Angkat Dewan Komisaris Baru ASABRI

Posted: 07 May 2019 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham PT ASABRI (Persero) melakukan pemberhentian dan pengangkatan anggota Dewan Komisaris PT ASABRI (Persero)

Berdasarkan Salinan Keputusan Menteri BUMN Nomor : SK 89/MBU/05/2019 mengangkat Didit Herdiawan sebagai Komisaris Utama serta Achmad Syukrani sebagai Komisaris Independen. Keputusan tersebut mulai berlaku sejak ditetapkan pada tanggal 7 Mei 2019.

Bertempat di Gedung Kementerian lantai 7, Jalan Medan Merdeka Selatan No 13 Jakarta Pusat, acara dibuka oleh Hambra Samal Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis didampingi oleh perwakilan dari tiap-tiap Kedeputian, serta jajaran Dewan Komisaris dan Direksi PT ASABRI (Persero).

"Penetapan Dewan Komisaris ASABRI memang beda dari BUMN lainnya, dimana masing-masing anggota Komisaris merupakan perwakilan dari TNI, POLRI, Kementerian BUMN, dan Kementerian Keuangan. Dengan bergabungnya anggota Komisaris Baru diharapkan kerjasama terjalin baik, pengawasan terhadap tugas-tugas Direksi serta kinerja ASABRI lebih baik lagi karena ASABRI merupakan Asuransi Sosial yang merupakan public service bagi masyarakat" ungkap Hambra dalam keterangannya, Rabu (8/5/2019).

 

Susunan Dewan Komisaris

Menteri BUMN, Rini Soemarno saat memantau demo 2 Desember di atas gedung BUMN, Jakarta, Rabu (2/12). Demo 2 Desember digelar sebagai lanjutan dari aksi 4 November 2016. (Liputan6.com/Ferbian Pradolo)

Pada acara ini pula, Menteri BUMN melakukan pemberhentian dengan hormat M Thamrin Marzuki sebagai Komisaris Utama serta Syafrizal Ahiar sebagai Komisaris yang telah habis masa jabatannya.

Apresiasi dan terima kasih diungkapkan oleh Sonny Widjaja kepada M Thamrin Marzuki dan Syafrizal Ahiar atas pengabdiannya selama menjabat di jajaran Komisaris serta ucapan selamat datang kepada Didit Herdiawan dan Achmad Syukrani.

Sonny menambahkan, dengan bergabungnya anggota Dewan Komisaris Baru diharapkan tetap manjaga amanah dari Kementerian BUMN, seluruh anggota TNI, POLRI, dan ASN Kemhan, ASN POLRI untuk berkembang dan lebih baik lagi.

Berikut Dewan Komisaris PT ASABRI (Persero) :

Komisaris Utama : Didit Herdiawan

Komisaris : Dwi Pudji Astuti Handayani

Komisaris Independen : Harry Susetyo Nugroho

Komisaris Independen : Achmad Syukrani

Menteri Rini Bangga Aset BUMN di Atas Rp 8.000 Triliun

Menteri BUMN Rini Soemarno.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menyemarakan puncak HUT Kementerian BUMN ke-21di Kantornya, Jakarta. Perayaan kali ini, ditandai dengan peresmian gedung baru sekaligus seremonial groundbreaking BUMN Center.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, selama berusia 21 tahun BUMN telah memberikan kontribusi besar terhadap negeri. Ini ditandai dengan berbagai program yang dilakukan BUMN seperti sembako murah dan beberapa program CSR lain untuk di daerah pelosok negeri.

Menteri Rini mengatakan, kontribusi nyata juga dapat dilihat dari kinerja 143 BUMN, dengan total aset yang terus meningkat tajam.

"Dan ingin saya sampaikan kembali bahwa aset selama 21 tahun BUMN betul-betul sudah mencapai tingkat yang cukup membanggakan karena kita punya aset di atas Rp 8.000 triliun dengan 143 BUMN," katanya di Kantornya, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Di samping itu pendapatan BUMN juga telah mencapai di atas Rp 2 300 triliun dan laba bersih sudah capai di atas Rp 200 triliun. "Biar pun beberapa masih mempertanyakan tapi ini sudah audit jadi ini sudah benar di atas Rp 200 triliun," katanya.

Rini menambahkan, investaris BUMN pada 2018 juga telah mencapai sebanyak Rp 480 triliun. Hal tersebut tidak lepas dari upaya mendukung program pemerintah dalam perekonomian nasional.

"Jadi kontribusi yang sangat besar dari pajak dividien maupun pendapatan negara bukan pajak," pungkasnya

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Xiumin EXO yang Siap Jalani Wajib Militer, Diiringi Acara Pelepasan

Posted: 07 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satu lagi anggota idol yang harus menjalani kewajiban negara di Korea Selatan alias wajib militer. Kini giliran XIumin dari boy band EXO. Sebelumnya telah beredar secara resmi bahwa Xiumin EXO akan berangkat wajib militer pada tanggal 7 Mei 2019. 

Pelantun lagu 'Love Shot' ini bahkan menyempatkan menggelar konsernya di Jepang bersama sub-unit EXO yaitu CBX. Bersama Chen dan Baekhyun, Xiumin gelar konser bertajuk 'Magical Circus 2019" yang dilaksanakan di dua kota yaitu Saitama dan Kobe.

Tak hanya itu, pihak agensi bahkan menggelar acara fanmeet untuk Xiumin dengan para EXO-L sebutan penggemar EXO, bertajuk 'XIUWEET Time' di Jamsil Arena pada Sabtu (4/5) lalu dikutip dari Soompi.

Unggahan Foto Xiumin EXO Sebelum Wamil

Seperti diketahui Xiumin lahir pada 26 Maret 1990, artinya ia sudah harus menjalankan wajib militer. Tampaknya para EXO-L harus bersiap-siap untuk kehilangan Xiumin. (Foto: koreaboo.com)

Menjadi anggota tertua di EXO dengan kelahiran 1990, tentunya Xiumin adalah anggota EXO pertama yang berangkat wajib militer. Pemiliki nama asli Kim Min Seok ini bahkan telah memberikan pesan-pesan kepada para penggemar sebelum berangkat ke kamp militer selama 2 tahun.

Dilansir dari akun Instagram para anggota EXO oleh Liputan6.com, Rabu (8/5/2019) beberapa anggota bahkan mengunggah foto saat Xiumin siap menjalani kewajibannya sebagai warga negara Korea Selatan. Berikut 5 potret Xiumin EXO yang siap jalani wajib militernya.

1. Pelepasan Xiumin EXO bersama para anggota EXO dan juga staf SM

Xiumin jalani wajib militer tahun ini (Sumber: Instagram/@real__pcy)

2. Foto selfie Chanyeol bersama Xiumin, sebelum ia berangkat wamil

Xiumin jalani wajib militer tahun ini (Sumber: Instagram/@real__pcy)

Unggahan Perpisahan dari para Anggota EXO

3. Para anggota EXO ucapkan selamat jalani wajib militer pada Xiumin

Xiumin jalani wajib militer tahun ini (Sumber: Instagram/@kimjuncotton)

4. Xiumin yang siap berangkat ke kamp militer

Xiumin jalani wajib militer tahun ini (Sumber: Instagram/@kimjuncotton)

5. Foto selfie Xiumin yang telah memotong rambutnya

Xiumin jalani wajib militer tahun ini (Sumber: Instagram/@e_xiu_o)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Sosok di Balik Penampilan Memukau Ezra Miller di Met Gala 2019

Posted: 07 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, New York - Di antara dandanan eksentrik para seleb di Met Gala 2019, penampilan Ezra Miller berhasil mencuri perhatian. Dalam perhelatan tahun ini, aktor The Flash tersebut hadir dengan dandanan sejumlah mata yang terlihat realistis di wajahnya.

Ia melengkapi penampilannya ini dengan suit bergaris dan korset kristal. Warganet pun langsung ramai mengomentari dandanan Ezra Miller yang membuat mereka terpukau ini.

Tak sedikit yang bertanya-tanya, siapa sosok di balik penampilan Ezra Miller. Dilansir dari Harper's Bazaar, Rabu (8/5/2019), aktor Fantastic Beasts and Where to Find Them ini memformulasikan penampilannya lewat diskusi bersama Creative Director Burberry, Riccardo Tisci.

"Riccardo dengan cepat langsung super-bersemangat dan antusias dengan hal ini. Kami bicara lewat telepon, dan dari apa yang dikatakan kepadaku, ia sudah menggambar penampilan ini setelah berbicara selama dua menit," kata Ezra Miller.

Dipuji

Ezra Miller di Met Gala 2019. (Jamie McCarthy / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Di Instagram, warganet juga membanjiri kolom komentar Mimi Choi dengan pujian atas penampilan Ezra Miller.

"OMG kalian berdua sangat hebat," kata @nicolekuppanmua.

"Penampilan Met Gala Terbaik. Kalian hebat!" tutur @claholtz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bangga, Delegasi DK PBB Kenakan Batik Saat Sidang

Posted: 07 May 2019 10:39 PM PDT

Sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat mengikuti sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). Sidang debat terbuka ini mengambil tema 'Menabur Benih Perdamaian'. (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

Sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat mengikuti sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). Sidang debat terbuka ini mengambil tema 'Menabur Benih Perdamaian'. (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

Sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat mengikuti sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). Delegasi yang mengenakan batik di antaranya dari Amerika, Prancis, Peru, China, Jerman, dan Pantai Gading. (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

Sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat mengikuti sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). Delegasi yang mengenakan batik di antaranya dari Amerika, Prancis, Peru, China, Jerman, dan Pantai Gading. (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (tengah) dan sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (tengah) dan sejumlah delegasi anggota Dewan Keamanan PBB mengenakan batik saat sidang Dewan Keamanan PBB di New York, Amerika Serikat, Selasa (7/5/ 2019). (Liputan6.com/Pool/Kemenlu)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Spot Favorit Berburu Menu Buka Puasa di Depok

Posted: 07 May 2019 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan suci Ramadan, tak sulit untuk mencari pedagang takjil atau menu buka puasa di Jabodetabek. Jika Jakarta punya Pasar Benhil, lokasi di Depok, Jawa Barat ini juga menjadi incaran warga untuk berburu takjil. Tepatnya di perempatan Jalan Baru Depok Timur.

Dari pantauan Liputan6.com, Selasa sore, 7 April kemarin, nampak berjejer puluhan lapak para pedagang takjil di sisi sebelah kiri atau memanfaatkan lahan kosong di tengah-tengah jalan. Jumlah pedagang yang naik dua kali lipat dari hari biasanya membuat kemacetan kerap terjadi. 

Jika Jakarta punya Pasar Benhil, lokasi di Depok, Jawa Barat ini juga menjadi incaran warga untuk berburu takjil. Lokasi manakah itu? (FOTO: Maria Flora)

Ditambah lagi dengan banyaknya pengendara roda dua yang memarkir kendaraan di sembarang tempat, membuat lokasi ini semakin semrawut. 

Meski macet, hal ini tak menyurutkan antusisme warga untuk datang ke lokasi dan berburu menu berbuka puasa. Selain banyak pilihan menu yang ditawarkan, harganya pun terbilang cukup murah. Untuk satu gorengan dijual dengan harga Rp 2.000 saja.  

Jika Jakarta punya Pasar Benhil, lokasi di Depok, Jawa Barat ini juga menjadi incaran warga untuk berburu takjil. Lokasi manakah itu? (FOTO: Maria Flora)

Ya, gorengan kerap menjadi menu andalan di setiap momen Ramadan tiba. Seakan tak mau kalah dengan pedagang takjil lainnya, sejumlah ibu mencoba menarik perhatian pembeli dengan menyajikan hidangan rumahan. Mereka menjual semur jengkol, rendang, krecek, balado ikan dan telor, mi goreng, oseng tempe dan kacang panjang, dan banyak lagi. 

Lupis Khas Padang

Jika Jakarta punya Pasar Benhil, lokasi di Depok, Jawa Barat ini juga menjadi incaran warga untuk berburu takjil. Lokasi manakah itu? (FOTO: Maria Flora)

Ada pula dua pedagang yang mencoba menawarkan menu buka puasa yang terbilang baru ditemui di lokasi tersebut. Kue lupis khas Padang dan zuppa soup. 

Sebut saja ibu Tina. Dengan lapak kecilnya, dia menawarkan lupis Padang yang terbuat dari ketan hitam dan putih. Berbeda dengan lupis yang dibentuk seperti lontong, Tina membuatnya dalam bentuk segitiga dengan ukuran cukup besar.

Dia mengaku, untuk membuat lupis tersebut diperlukan beras ketan sebanyak 10 liter. 

"Dari 10 liter, bisa dibuat puluhan lupis. Dijamin pasti rasanya lebih enak dari lupis biasa," katanya sambil tersenyum. 

Seperti lupis pada umumnya, salah satu makanan tradisional khas Sumatera Barat ini juga berbahan dasar beras ketan. Namun, dibungkus dengan daun pisang yang dibentuk segitiga. Di sinilah letak ciri khas dari lupis Padang.

Untuk penyajiannya, selain taburan parutan kelapa, lelehan saus gula merah yang gurih dituangkan di atasnya. Saat keduanya bertemu di lupis ketan hitam, rasanya tak kalah nikmat dengan lupis ketan putih. 

Bagi yang ingin mencobanya, untuk satu lupis khas Padang buatan Tina dijual dengan harga Rp 3.000. 

Zuppa soup, makanan khas Italia ini juga bisa ditemui di perempatan Jalan Baru Depok. Hidangan ini terbilang unik, karena ada pastry yang mengembang di atas mangkuk.

Adalah seorang ibu dan putranya yang mencoba mengais rezeki di bulan Ramadan dengan berjualan kue khas Italia ini. Selain zuppa soap, dia juga menjual klappertaart dikenal sebagai kue khas Manado. 

Sang anak mengaku telah membuka lapaknya dari pukul 14.00 WIB. Sejak itu telah banyak pembeli yang mampir ke lapaknya dan membeli zuppa soap buatan sang ibu. Hingga pukul 17.30 WIB, dagangannya pun ludes terjual. Untuk satu zuppa soap dijual dengan harga Rp 18 ribu.

Minuman segar pun juga tak kalah diburu warga Depok. Rasa haus yang mulai mendera, tak jarang lapak pedagang es kelapa dan es buah nampak dipadati banyak pembeli.

Jika Jakarta punya Pasar Benhil, lokasi di Depok, Jawa Barat ini juga menjadi incaran warga untuk berburu takjil. Lokasi manakah itu? (FOTO: Maria Flora)

Salah satu ibu yang berdagang es buah mengaku, dalam sehari dia bisa menjual 200 kantong plastik es buah dengan harga Rp 5.000 per kantongnya.

Isi buah-buahan di dalamnya tak banyak variasi yang dibuat dalam bulatan-bulatan kecil. Di sana ada pepaya, nanas, melon, bengkuang ditambah dengan batu es.

"Di hari pertama Ramadan, alhamdulilah habis. Ini juga tinggal sedikit lagi," katanya. 

Sama seperti ibu penjual zuppa soap, lapak pedagang es buah ini juga dibuka mulai pukul 14.00 WIB.

 

Saksikan video piliha di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Jadwal Ulang Pemeriksaan Bachtiar Nasir Pekan Depan

Posted: 07 May 2019 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, penyidik telah menyiapkan surat panggilan kedua terhadap Bachtiar Nasir (UBN) sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan dana Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) yang disalurkan untuk aksi 411 dan 212.

"Jadi ditunggu sampai jam 12 siang ini. Kalau tidak datang juga, sudah dipersiapkan surat panggilan kedua terhadap UBN," tutur Dedi di saat dikonfirmasi, Rabu (8/5/2019).

Menurut Dedi, belum ada pemberitahuan atau pun pengajuan surat terkait permohonan penundaan pemeriksaan dari Bachtiar Nasir. Untuk itu, surat panggilan kedua pun akan langsung dilayangkan lepas pukul 12.00 WIB siang ini.

"Minggu depan (jadwal pemeriksaan)," jelas Dedi.

Kuasa Hukum Bachtiar Nasir, Nasrullah Nasution mengatakan, kliennya tidak dapat hadir dalam pemeriksaan lantaran adanya kegiatan lain yang mesti dipenuhi.

"Dikarenakan ustaz karena sudah memiliki jadwal, kami selaku kuasa hukum menyampaikan penundaan terhadap ustaz Bachtiar Nasir," ujar Nasrullah.

Tersangka Penggelapan

Ketua GNPF‎-MUI Bachtiar Nasir dicecar pertanyaan oleh awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2). Bachtiar Nasir akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan makar yang menjerat Sri Bintang Pamungkas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menetapkan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan uang Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) yang dananya digunakan untuk aksi 411 dan 212.

"Penggelapan. Kan kaitannya penyalahgunaan wewenang terhadap uang yayasan," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Menurut Dedi, penetapan tersangka Bachtiar Nasir merupakan pengembangan dari kasus penggelapan dana yayasan yang dilakukan oleh manajer di salah satu bank BUMN bernama Islahudin yang juga telah ditetapkan tersangka sebelumnya.

"Tentunya penyidik sudah memiliki alat bukti ke sana (penggunaan dana yayasan untuk aksi). Oleh karenanya penyidik akan meminta keterangan yang bersangkutan, mengklarifikasi data-data serta alat bukti yang dimiliki penyidik besok," jelas dia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyampaikan, baru berlanjutnya proses pemeriksaan terhadap Bachtiar Nasir atas kasus 2017 lalu itu lantaran memperhatikan situasi yang berkembang di masyarakat.

Ya kalau momentumnya 2017-2018 itu sangat rentan, kenapa? Karena pemilu. Tunggu selesai dulu masalahnya. Kan penyidik tentunya mengkalkulasikan segala macam kemungkinan. Proses hukum tetap berjalan," tutur Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Menurut Dedi, sebenarnya Bachtiar Nasir sudah beberapa kali diperiksa penyidik. Namun dia enggan merinci rentang waktu panggilan terhadapnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Asyik Nonton Serial di HP, Emak-Emak Ini Malah Dikerjai Anaknya

Posted: 07 May 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika sedang menyukai sebuah tayangan sinetron atau sedang menonton film dengan asyik, pasti kamu tidak ingin diganggu siapapun. Apalagi disuruh untuk melakukan sesuatu yang membuatmu harus sejenak menghentikan tontonan atau bahkan ketinggalan penggalan cerita dalam tontonanmu.

Hal seperti ini bisa saja terjadi kepada siapapun, apalagi saat ini dengan adanya smartphone dan layanan streaming acara tv kamu bisa menonton apapun secara praktis dan bisa dilakukan saat mengerjakan sesuatu.

Seperti halnya yang dilakukan oleh emak-emak pada video yang diunggah oleh @InIndia0nly. Dalam video tersebut terlihat sang emak tengah memaikan kaus kaki kepada putrinya yang tengah bersiap untuk berangkat sekolah. Saat emak masih fokus menonton acara TV di hp, anaknya pun terlihat kocak mengerjai emaknya.

Berikut kisah emak-emak yang dikerjai anaknya saat menonton acara kesukaannya sebagaimana Liputan6.com rangkum dari @InIndia0nly, Rabu (8/5/2019)

Kocaknya Anak Ngerjain Ibunya

Dalam video yang diunggah oleh @InIndiaOnly pada, Selasa (7/5/2019) tersebut terlihat emak-emak ini asik sekali memandangi layar handphonnya yang ditaruh di sepatu anaknya. Sepertinya ia tidak ingin tertinggal cerita dari tontonannya tersebut.

Melihat emaknya yang memakaikan sepatu sembari nonton layar handphonenya, sang enak malah bertingkah kocak dengan mengerjai ibunya. Saat mata sang emak berfokus pada layar HP, anak itu mengangkat kursi dan mendekatkannya kepada sang emak. Akibatnya, tanpa disadari emak-emak itu justru memasang kaos kaki di kaki kursi.

 

Komentar Warganet

Saking kocaknya video ini, tanggapan dari warganet yang ikut tertawa saat melihat video ini pun beragam.

Sepert anggapan netizen @lephrodite yang mengira kalau bocah ini akan menjadi anak yang jago drama, "Bocil di india jago drama juga" ungkapnya. 

Ada pula yang heran kenapa kursi disepatuin, "kursi di sepatuin" tutur @muutsara.

Ada juga yang mengatakan kalau bocah ini nantinya akan bikin konten prank seperti, "Kocak ni bocah, gedenya bikin konten prank sama emak-emak" imbuh akun @kiriitt0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhan: Ancaman Negara Paling Berbahaya adalah Perang Mindset

Posted: 07 May 2019 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan ancaman yang sangat nyata dan paling berbahaya saat ini yaitu perang mindset atau pola pikir. 

"Ancaman yang nyata dan paling berbahaya adalah mindset. Dengan mindset kita dapat berbuat apa saja, baik yang baik ataupun tidak baik. Negara ini tergantung mindset, mau hancur juga tergantung mindset," kata Ryamizard saat membuka simposium peran mindset pada era keterbukaan informasi di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (8/5).

Perang mindset tersebut juga dapat mengancam perubahan ideologi bangsa yaitu Pancasila. Dia menegaskan ideologi itu adalah alat pemersatu. Begitu alat pemersatu dipecah rakyat kata dia harus dipahami. Walaupun banyak pihak yang tidak paham dan menyebarkan hoaks.

"Yang paling berbahaya yaitu ancaman terhadap mindset bangsa Indonesia yang berupaya untuk mengubah ideologi negara bangsa Indonesia. Pancasila itu alat pemersatu, begitu alat pemersatu dipecah, ini harus dipahami. Tapi ya dia lebih banyak enggak paham gitu, enggak jelas hoaks-hoaks itu," lanjut Ryamizard.

Karena itu pola pikir setiap manusia harus dilatih. Tidak lupa kata dia didasari dengan agama masing-masing serta benar. Kemudian diperlukan juga dengan pengalaman kebangsaan yang kuat.

"Agar tidak dipengaruhi dan terprovokasi oleh sesuatu yang bersifat materialis. Yang hendak menghancurkan ideologi bangsa yaitu Pancasila," ungkap Ryamizard.

Dia menjelaskan, perang mindset adalah metode perang yang murah-meriah tanpa mengeluarkan satu lecutan peluru. Tetapi semua musuh dapat menghancurkan pilar serta sendi-sendi kehidupan berbangsa. Rymizard mencontohkan beberapa negara hancur lantaran perang mindset.

"Contohnya beberapa negara yang hancur karena simbol persatuannya rusak. Dan lain-lain, seperti misalnya Yugoslavia, sudah rusak," kata Rymizard.

Dia berharap Indonesia tidak seperti itu. Walaupun setiap negara memiliki ideologi masing-masing tetapi Indonesia tetap satu yaitu Pancasila. Tetapi tetap memghormati idologi negara lain.

"Setiap negara memiliki konsep ideologi masing-masing ada simbol, yang pas untuk negara seperti komunis dan komunisme untuk cina. Liberal untuk amerika.Tetapi Indonesia ideologi-ideologi ini tidak boleh karena kita punya ideologi Pancasila," kata Rymizard.

 

Ancaman Perang Mindset Terstruktur

Rymizard menjelaskan ancaman mindset atau pola pikir bersifat masif dan terstruktur terus menerus. Salah satunya yaitu melalui pengaruh budaya, terlebih yang ditakuti yaitu ancaman khilafah.

"Ancaman khilafah ini sudah terang-terangan ingin mengganti ideologi negara pancasila. Liberal, sosial ada komunis," kata Rymizard.

Ideologi tersebut terus digaungkan kata dia melalui dunia pendidikan. Dia juga meminta kepada para rektor terus mensosialisasikan dan melestarikan pancasila bertujuan untuk memperbaiki mindset.

"Kenapa pancasila ini harus dilestarikan, tapi kalau kita bairkan mindset sudah tertanam 20-30 tahun lagi yang jadi Presiden, Kapolri entah siapa, khilafah selesai negara. Sebelum selesai pasti perang, selesai negara ini. Karena itu kita antisipasi," ungkap Rymizard.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Ajax Amsterdam Vs Tottenham Hotspur: Ambisi Ulang Sejarah

Posted: 07 May 2019 10:30 PM PDT

Amsterdam - Laga seru bakal terjadi dalam leg kedua semifinal Liga Champions antara Ajax Amsterdam Vs Tottenham Hotspur dinihari WIB nanti. Keduanya bakal bertarung habis-habisan demi tiket ke final.

Ajax Amsterdam menempati pole position untuk melangkah ke final pertamanya dalam 23 tahun setelah menang 1-0 lewat gol tunggal Donny van de Beek dari assist Hakim Ziyech di markas Tottenham.

Melihat hasil leg pertama di Tottenham Hotspur Stadium itu, peluang masing-masing tim masih terbuka. Tottenham belum habis, tapi Ajax berada di posisi yang lebih menguntungkan.

Meski kalah di kandang sendiri pada leg pertama, Tottenham tetap percaya bisa membalikkan keadaan untuk lolos ke final. Son Heung-Min, yang absen di leg pertama akibat skorsing, bisa kembali memperkuat Tottenham dan tenaganya akan sangat dibutuhkan.

Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Davinson Sanchez dan Christian Eriksen, yang kembali ke rumah lama mereka, pasti diharapkan mampu tampil optimal melawan mantan klubnya.

Dari kubu Ajax Amsterdam, komposisi pemainnya takkan jauh berbeda. Andre Onana jadi andalan di bawah mistar, dengan perlindungan Daley Blind dan kapten Matthijs de Ligt di jantung pertahanan. Van de Beek, Frenkie de Jong dan Lasse Schone adalah motor di lini tengah. Trio David Neres, Ziyech dan Dusan Tadic siap memberikan teror dari menit awal hingga akhir pertandingan.

Setelah leg pertama, manajer Tottenham Mauricio Pochettino menegaskan bahwa timnya belum menyerah. "Kami masih hidup. Kami hanya kalah 0-1. Kami harus tetap percaya kami akan ke sana untuk menang."

Komentar Pelatih Ajax

Pelatih Ajax Belanda Erik Ten Hag (kiri) dan penyerang David Neres menghadiri sesi latihan di Allianz Stadium, Turin Italia (15/4). Juventus akan bertanding melawan wakil Belanda, Ajax Amsterdam pada leg kedua babak perempatfinal Liga Champions di Allianz Stadium. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Namun pihak Ajax jauh lebih bersemangat. Pelatih Erik ten Hag bahkan antusias dan percaya kalau timnya bisa tampil lebih baik lagi saat main di Amsterdam.

"Menang 1-0 di Tottenham adalah hasil yang luar biasa dan awal yang bagus. Kami harus belajar dari pengalaman. Kami tahu kami bisa tampil jauh lebih baik lagi [di leg kedua]."

Satu hal penting yang juga perlu diingat, kondisi moral kedua tim saat ini cukup bertolak belakang.

Tottenham selalu kalah dalam tiga laga terakhirnya di semua ajang. Di Premier League akhir pekan kemarin, mereka menyerah 0-1 melawan tuan rumah Bournemouth dan kehilangan Son Heung-Min serta Juan Foyth yang dikartu merah.

Sementara itu, Ajax Amsterdam baru saja meraih gelar juara KNVB Cup pertamanya sejak 2010, dan yang ke-19, dengan kemenangan 4-0 atas Willem II. Kesuksesan itu bisa menjadi suntikan motivasi serta pendongkrak semangat bagi Ajax untuk menuntaskan pekerjaan mereka dan memastikan kelolosan ke final.

Komposisi Pemain dan Statistik

Selebrasi gol Donny van de Beek pada leg 1, Semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Tottenham Hotspur, London, Rabu (1/5). Ajax menang 1-0 atas Tottenham Hotspur. (AFP/Emmanuel Dunand)

Prakiraan Susunan Pemain:

Ajax (4-3-3): Onana; Tagliafico, Blind, de Ligt, Veltman; van de Beek, de Jong, Schone; Neres, Tadic, Ziyech

Pelatih: Erik ten Hag

Tottenham Hotspur (4-3-1-2): Lloris; Rose, Vertonghen, Alderweireld, Trippier; Eriksen, Wanyama, Sissoko; Alli; Moura, Son Heung-Min

Pelatih: Mauricio Pochettino

Tiga Pertemuan Terakhir:

01-05-2019 Tottenham 0-1 Ajax (UCL)

29-09-1981 Tottenham 3-0 Ajax (UEFA Cup Winners' Cup)

16-09-1981 Ajax 1-3 Tottenham (UEFA Cup Winners' Cup)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Diskon 50 Persen Naik MRT Segera Berakhir

Posted: 07 May 2019 10:30 PM PDT

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT)  Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Diskon tarif MRT Jakarta sebesar 50 persen akan berakhir pada 12 Mei 2019 dan tarif normal akan berlaku mulai 13 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Diskon tarif MRT Jakarta sebesar 50 persen akan berakhir pada 12 Mei 2019 dan tarif normal akan berlaku mulai 13 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT)  Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Terhitung mulai  13 Mei 2019, tarif MRT Jakarta akan kembali normal seharga Rp 7.000 hingga Rp 14.000 per sekali perjalanan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Terhitung mulai 13 Mei 2019, tarif MRT Jakarta akan kembali normal seharga Rp 7.000 hingga Rp 14.000 per sekali perjalanan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT)  Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Diskon tarif MRT Jakarta sebesar 50 persen akan berakhir pada 12 Mei 2019 dan tarif normal akan berlaku mulai 13 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Diskon tarif MRT Jakarta sebesar 50 persen akan berakhir pada 12 Mei 2019 dan tarif normal akan berlaku mulai 13 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT)  Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Terhitung mulai  13 Mei 2019, tarif MRT Jakarta akan kembali normal seharga Rp 7.000 hingga Rp 14.000 per sekali perjalanan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rangkaian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Lebak Bulus-Bundaran HI melintas di Stasiun MRT Fatmawati, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Terhitung mulai 13 Mei 2019, tarif MRT Jakarta akan kembali normal seharga Rp 7.000 hingga Rp 14.000 per sekali perjalanan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Kemenperin agar Batik Indonesia Dikenal Dunia

Posted: 07 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) sektor batik yang berperan penting bagi perekonomian nasional serta menjadi penyumbang devisa negara.

Industri batik yang juga merupakan salah satu sektor pembuka lapangan pekerjaan, didominasi industri kecil dan menengah yang tersebar di 101 sentra.

Jumlah tenaga kerja yang terserap di sentra IKM batik mencapai 15 ribu orang pada 3.782 unit usaha. Disamping itu nilai ekspor industri batik pada tahun 2018 mencapai USD 52,44 juta dengan pasar utama Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

"Hal ini mendorong semangat para perajin dan industri batik nasional termasuk pemerintah untuk terus mengembangkan industri batik, sehingga batik dapat semakin dikenal di seluruh lapisan masyarakat bahkan dunia," jelas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di pembukaan Pameran Gelar Batik Nusantara, di JCC, Jakarta, Rabu (7/5/2019).

Berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerajinannya semakin meningkat dan beragam. Salah satunya adalah melalui penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia.

Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun tahun sebelumnya, Tahun 2019 GBN kembali ditampilkan untuk ke-11 kalinya pada tanggal 8 sampai 12 Mei 2019 di Jakarta Convention Centre. 

Airlangga menjelaskan, batik saat ini sudah menjadi identitas bangsa yang semakin populer dan mendunia. Batik kini bertransformasi menjadi berbagai bentuk fesyen, kerajinan dan home decoration yang telah mampu menyentuh berbagai lapisan masyarakat baik di dalam maupun luar negeri.

"Produk batik ini dapat dilihat dalam pameran yang akan dilaksanakan 5 hari ke depan yang mengambil tema 'Lestari Tak Berbatas' dengan mengangkat Batik Sumatera sebagai icon Pameran Gelar Batik Nusantara tahun ini," jelas dia.

Pada perhelatan tahun ini, Kemenperin memfasilitasi booth gratis kepada total 26 IKM yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti  Madura, Gresik, Jogja, Pekalongan, Solo, Bogor, Jakarta, Tangerang dan lainnya hasil dari kurasi pendaftaran online.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

 

Gandeng Marketplace

Ilustrasi batik. Sumber foto: unsplash.com/Artem Bali.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Gati Wibawaningsih menjelaskan bahwa pemerintah menyadari kerajinan Indonesia memiliki pasar yang terus meningkat. Sehingga dapat dikatakan bahwa para penggiat IKM Kerajinan termasuk IKM Batik menjadi salah satu tombak ekonomi kerakyatan yang tahan terhadap krisis ekonomi global.

"Untuk itu, Kementerian Perindustrian terus berupaya mengembangkan IKM melalui berbagai program, antara lain peningkatan kompetensi SDM, pengembangan kualitas produk, standardisasi, fasilitasi mesin atau peralatan serta promosi dan pameran batik di dalam dan luar negeri," ungkap Gati.

Gati mengatakan untuk meningkatkan akses pasar Kemenperin juga memiliki program e-Smart IKM yang bekerjasama dengan beberapa marketplace. Melalui program e-Smart ini produk kerajinan, perhiasan dan batik di dorong untuk memasuki pasar online, sehingga memiliki jangkauan pasar yang lebih luas karena dapat diakses oleh konsumen dari berbagai daerah.

"Kami juga mendorong agar para perajin batik untuk memperoleh berbagai fasilitas pembiayaan seperti KUR, dan lembaga pembiayaan perbankan / non perbankan lainnya untuk memperkuat struktur modalnya. Dengan demikian, diharapkan industri batik nasional dapat tumbuh signifikan dan daya saingnya meningkat," imbuhnya.

Gati mengatakan di tengah-tengah upaya pembangunan ekonomi, sentra-sentra IKM sebagai basis ekonomi kerakyatan, perlu terus menerus dikembangkan. Semangat berkarya dan berkreasi perlu difasilitasi melalui kemudahan untuk mempromosikan karya-karya para pelaku IKM.

"Perlu diingat bahwa dalam era globalisasi, produk IKM harus didukung dengan kualitas atau mutu yang baik dan tentunya memiliki standard. Strategi yang perlu dibangun untuk bersaing di pasar global itu, antara lain dilakukan melalui pengembangan inovasi desain dan produk," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggahan Hoaks di Instagram Bakal Disaring Pakai Alat Facebook

Posted: 07 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks dan misinformasi bukan hanya menjadi masalah yang dialami Facebook, YouTube, dan Twitter. Platform berbagi foto dan video singkat Instagram pun jadi sarang menyebarnya hoaks.

Instagram selama ini memang berupaya mengurangi penyebaran konten hoaks di platform-nya. Namun mulai minggu ini, Instagram akan menggunakan tools milik Facebook termasuk bekerja sama dengan mitra pemeriksa fakta Facebook.

Mengutip laman Engadget, Rabu (8/5/2019), unggahan-unggahan di Instagram yang teridentifikasi hoaks tidak akan langsung dihapus. Namun demikian, unggahan-unggahan tersebut tak akan terlihat di tab explore atau pencarian tagar.

"Pendekatan kami terhadap hoaks dan misinformasi sama dengan Facebook. Ketika kami menemukan konten misinformasi, alih-alih menghapusnya, kami akan mengurangi distribusinya," kata juru bicara Instagram.

Sekadar informasi, sejak pemilu di Amerika Serikat, Instagram dan Facebook bekerja sama untuk membersihkan timeline dari konten hoaks melalui tim News Feed Integrity.

Oleh karenanya, ketika ada foto dengan misinformasi dan hoaks ditemukan di Facebook, teknologi pengenalan gambar milik Facebook bisa mencari dan mengenali gambar yang sama di Instagram.

Unggahan Hoaks Dicek oleh Pemeriksa Fakta

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Memang selama ini ada cukup banyak unggahan yang bersifat misinformasi di Instagram yang tak muncul di Facebook atau sebaliknya.

Oleh karenanya, unggahan-unggahan yang dipertanyakan kebenarannya itu bisa ditandai dan dikirim langsung ke pemeriksa fakta yang bekerja sama dengan Facebook.

Poynter menyebut, Instagram juga mempertimbangkan menambah pop-up yang muncul ketika orang mencari unggahan-unggahan yang mengandung konten misinformasi dan hoaks.

Meski begitu, beberapa orang menyebut, cara ini tidak cukup. Masih banyak yang menginginkan agar unggahan bersifat hoaks dihapus atau diberi peringatan saat si pengguna mencoba menyukai atau mengomentari unggahan tersebut.

Instagram Bakal Hadir dengan Tampilan Baru

Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video (sumber: istockphoto)

Baru-baru ini, Mark Zukerberg, CEO tampil di atas panggung konferensi F8 membicarakan rencana platform milik perusahaan kedepannya.

Pada gelaran untuk para pengembang tersebut, Zukerberg juga memperlihatkan tampilan utama Facebook yang baru untuk pengguna iOS dan PC, demikian yang dilansir 9to5Mac, Minggu (5/5/2019).

Pengembang juga diperlihatkan tampilan muka (user interface, UI) dan logo baru, serta fitur dan perubahan untuk Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Dalam acara tersebut, Zukerberg menyatakan lebih dari 2 miliar orang akan berkirim pesan secara pribadi dengan enkripsi end-to-end saat terdapat pembaruan pada Facebook Messengerdan WhatsApp.

Zuckerburg menjelaskan, fitur tab "Friends" yang akan muncul di Messenger memungkinkan pengguna untuk melihat konten seperti stories dari orang yang mereka follow di Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

Ada juga fitur dark mode yang kabarnya akan muncul baik di Instagram, WhatsApp, maupun Facebook. 

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagu Duet Ed Sheeran dan Justin Bieber Rilis Jumat Ini

Posted: 07 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bersiap! Lagu duet baru Ed Sheeran dan Justin Bieber terkonfirmasi akan dirilis Jum'at (10/5) ini. Kira-kira bakal seperti apa ya lagunya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Berusia 12 Tahun, Hubungan Cinta Laura dengan Ibunda Berubah

Posted: 07 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Membicarakan orang tua khususnya ibu seolah tak ada habisnya. Hal ini dirasakan Cinta Laura Kiehl. Cinta Laura mengatakan ada banyak kenangan manis bersama ibu yang dirasakannya.

Salah satunya, ketika berusia 10 tahun, Cinta Laura ditinggal ibunya, Herdina Kiehl, naik haji selama tiga minggu. Saat itu, Cinta Laura yang sangat dekat dengan ibunya mengalami beberapa masalah kesehatan salah satunya, gastritis. 

"Saat mami pergi, saya stres, penyakit saya kambuh. Setelah mami pulang dari Tanah Suci, saya histeris dan berteriak, 'Mamiiiiiii!' Setelah itu saya memeluk mami erat-erat dan bilang, 'Mami i love you'," cerita Cinta Laura, di Jakarta, belum lama ini.

Herdina menambahkan, sampai usia 12 tahun, Cinta Laura sering bilang, "Mami, i love you so much. Lebih baik aku mati duluan daripada mami karena aku enggak bisa hidup tanpa Mami."

 

 Berubah

Cinta Laura bersama kedua orang tuanya; Herdiana dan Michael Kiehl (Instagram/@herdianak)

Usia 12 tahun merupakan titik balik bagi Cinta Laura. Perubahan hormon, masa puber, dan pergaulan membuat Cinta Laura mengalami perubahan pola pikir. Pernah, Herdina masuk ke kamar Cinta Laura, dan putrinya menjawab, "Mami, aku butuh privasi."

Saat itulah ia menyadari Cinta Laura sudah beranjak remaja. Meski demikian, rasa sayang Cinta Laura untuk ibunya tidak berubah. Ibu, kata Cinta Laura, punya peran besar terhadap kariernya di dunia seni.

Unik

Cinta Laura Kiehl berhijab (Istimewa)

"Kedekatan saya dan mami sangat unik. Mami menjadi penerjemah sekaligus pengecek pekerjaan saya karena dia sangat detail. Selama di Amerika, saya tinggal sendiri. Kalau sedang di Jakarta saja, mami setia menemani saya. Mami itu seperti pawangnya saya," seloroh Cinta Laura.

Ia lantas menggambarkan ibunya dalam tiga kata. "Tiga kata buat mami. Pertama, ekspresif. Kedua, so sweet (manis banget). Dan ketiga, berjiwa muda. Usianya sudah 50 tahun lebih tapi gayanya sangat keren." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bachtiar Nasir Mangkir Diperiksa dalam Kasus Penggelapan Dana Yayasan

Posted: 07 May 2019 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir tidak memenuhi panggilan penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri alias mangkir. Dia seharusnya diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan penggelapan dana Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) yang disalurkan untuk aksi 411 dan 212.

Kuasa Hukum Bachtiar Nasir, Nasrullah Nasution menyampaikan, kliennya sudah memiliki jadwal lain.

"Dikarenakan ustaz sudah memiliki jadwal, kami selaku kuasa hukum menyampaikan penundaan terhadap ustaz Bachtiar Nasir," tutur Nasrullah saat dikonfirmasi, Rabu (8/5/2019).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut, pihaknya belum menerima keterangan permohonan penundaan pemeriksaan dari Bachtiar Nasir.

"Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari pengacaranya," kata Dedi.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menetapkan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan uang Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS) yang dananya digunakan untuk aksi 411 dan 212.

"Penggelapan. Kan kaitannya penyalahgunaan wewenang terhadap uang yayasan," tutur Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa 7 Mei 2019.

Menurut Dedi, penetapan tersangka Bachtiar Nasir merupakan pengembangan dari kasus penggelapan dana yayasan yang dilakukan oleh manajer di salah satu bank BUMN bernama Islahudin yang juga telah ditetapkan tersangka sebelumnya.

"Tentunya penyidik sudah memiliki alat bukti ke sana (penggunaan dana yayasan untuk aksi). Oleh karenanya penyidik akan meminta keterangan yang bersangkutan, mengklarifikasi data-data serta alat bukti yang dimiliki penyidik besok," jelas dia.

 

 

Tersangka Lain

Ketua GNPF MUI Bachtiar Nasir menghadiri sidang terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Auditorium Kementan, Jakarta, Selasa (28/2). Kehadirannya untuk memberi dukungan kepada Rizieq Shihab yang menjadi saksi ahli. (Liputan6.com/Raisan Al Farisi/Pool)

Sebelumnya, Dittipideksus Bareskrim Polri menetapkan manajer di salah satu bank BUMN bernama Islahudin sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Perbankan, terkait donasi aksi 411 dan aksi 212.

Islahudin melanggar pasal 2 Undang-undang Perbankan (UU 10/1998). Pasal tersebut berbunyi, "Anggota Dewan Komisaris, Direksi, atau pegawai bank yang dengan sengaja:

a. meminta atau menerima, mengizinkan atau menyetujui untuk menerima suatu imbalan, komisi, uang tambahan, pelayanan, uang atau barang berharga, untuk keuntungan pribadinya atau untuk keuntungan keluarganya, dalam rangka mendapatkan atau berusaha mendapatkan bagi orang lain dalam memperoleh uang muka, bank garansi, atau fasilitas kredit dari bank, atau dalam rangka pembelian atau pendiskontoan oleh bank atas surat-surat wesel, surat promes, cek, dan kertas dagang atau bukti kewajiban lainnya, ataupun dalam rangka memberikan persetujuan bagi orang lain untuk melaksanakan penarikan dana yang melebihi batas kreditnya pada bank; tidak melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan ketaatan bank terhadap

b. ketentuan dalam Undang-undang ini dan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku bagi bank, diancam dengan pidana penjara sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun dan paling lama 8 (delapan) tahun serta denda sekurang-kurangnya Rp. 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah) dan paling banyak Rp. 100.000.000.000,00 (seratus miliar rupiah)."

Ketua YKUS Adnin Armas angkat bicara soal dugaan penyimpangan dana yayasan yang menyeret nama Ketua Umum Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir.

Menurut Adnin, rekening yayasan yang dikelolanya sempat dipinjam sementara oleh GNPF MUI untuk menampung dana para donatur. Mereka menyumbang untuk membantu aksi 4 November (411) dan 2 Desember (212) 2016.

Peminjaman rekening itu juga didasari atas dasar rasa saling percaya. Adnin dan tersangka Islahudin menjalin pertemanan yang cukup erat dengan Bachtiar Nasir.

Rekening kemudian diserahkan pada GNPF MUI karena mendengar banyak donatur yang hendak menyumbang untuk Aksi Bela Islam saat itu.

"Totalnya, sekitar Rp 3,8 miliar," sebut Adnin di kediamannya, Depok, Jawa Barat, Sabtu 11 Februari 2017.

Dari jumlah yang didapat itu, tersisa Rp 2 miliar. Adnin tidak merinci uang yang didapatkan itu digunakan untuk keperluan apa.

"Mengenai dana itu digunakan lebih bagus ke GNPF MUI. Ya namanya ketua yayasan, saya hanya tanda tangan. GNPF MUI yang lebih tahu uang itu," ujar Adnin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Menikah 5 Bulan, Suami Bantai Istri dan Anak Tiri di Aceh

Posted: 07 May 2019 10:28 PM PDT

Patroli, Aceh - Rumah berlantai dua yang dihuni Irawati (33) di Kampung Ule Madon, Aceh Utaram dikerumuni penduduk menyusul tragedi berdarah yang dialami korban dan kedua anaknya masing-masing berusia satu 1,5 tahun dan 12 tahun.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (8/5/2019), peristiwa pembunuhan satu keluarga yang membuat gempar masyarakat ini diketahui Selasa pagi saat salah satu anak Irawati lainnya berhasil lolos dari maut dan melarikan diri ke rumah kerabatnya yang tinggal tak terlalu jauh dari lokasi kejadian.

Warga kemudian beramai-ramai mendatangi rumah korban dan mendapati Irawati dan kedua anaknya tergeletak di bagian dapur.

Hasil autopsi tim Rumah Sakit Cut Meutia, seluruh korban mengalami luka tikaman senjata tajam di tubuhnya. Selanjutnya, ketiga jasad ibu dan dua anaknya dimakamkan.

Kurang dari 24 jam, aparat kepolisian Lhokseumawe dibantu Tim Jatanras Polda Aceh berhasil mengungkap kasus pembunuhan dengan meringkus Aidil, suami ketiga Irawati. Pelaku dikabarkan baru menikahi korban 5 bulan lalu. 

Dari lelaki berusia 40 tahun ini, polisi mengamankan pisau yang digunakan pelaku untuk menghabisi istri dan dua anak tirinya. Polisi masih melakukan pemeriksaan mendalam untuk mengetahui latar belakang pembunuhan yang dilakukan tersangka.

Polisi kini masih merumuskan pasal yang menjerat pelaku, apakah ada unsur perencanaan pembunuhan atau tidak. Karena menurut keterangan saksi sebelum petaka terjadi sempat terdengar cekcok mulut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bobotoh Jadi Alasan Rene Mihelic Bergabung dengan Persib Bandung

Posted: 07 May 2019 10:28 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Bomber Slovenia, Rene Mihelic resmi bergabung dengan Persib Bandung untuk musim depan. Mihelic mengaku, antusiasme suporter Persib (bobotoh) menjadi alasannya mau bergabung.

"Pertama kali saya lihat Persib Bandung punya suporter yang sangat bagus. Saya ingin bermain di klub dengan suporter seperti ini," ujar Rene Mihelic seperti dilansir situs resmi Persib.

Mihelic didatangkan manajemen Persib sebagai teman duet Ezechiel N'douassel di lini depan. Sejak melepas Jonatahan Bauman akhir musim lalu, Maung Bandung belum menemukan tandem sepadan bagi N'douassel.

Persib mengontrak Mihelic untuk satu musim kompetisi dengan opsi perpanjangan. Mihelic diharapkan bisa bergabung dengan skuat Persib mulai hari ini.

Rene Mihelic mengatakan, antusiasme bobotoh dalam mendukung Persib begitu spesial. Menurutnya, dukungan bobotoh itu pula yang diidamkannya sebagai pemain sepak bola.

"Semua pesepakbola ingin bermain di lapangan di saat banyak suporter mendukung. Itu adalah alasan pertama saya untuk datang ke sini (Persib Bandung, red)," kata Mihelic.

 

Menjadi Juara

Sebelum bergabung dengan Persib, Rene Mihelic sempat berkomunikasi dengan Miljan Radovic. (Huyogo Simbolon)

Mihelic terhitung baru pertama kali merumput di Indonesia. Sebelumnya, bomber berusia 30 tahun ini pernah berkelana ke sejumlah klub seperti Maribor, Nacional, dan Delhi Dynamos.

Meskipun demikian, Mihelic sudah berekspektasi tinggi di musim pertamanya. "Saya berharap kita bisa menjadi juara musim ini," kata Mihelic mengakhiri.

 

Daftarkan Beltrame

Sementara itu, kubu Persib belum tahu kapan Fabiano Beltrame bakal resmi menjadi warna negara Indonesia (WNI) karena kini masih dalam proses naturalisasi. Padahal, tenggat waktu pendaftaran pemain akan ditutup pada 9 Mei untuk pemain asing dan 23 Mei untuk pemain lokal.

Namun begitu, manajer Persib Umuh Muchtar mengatakan, Beltrame bakal tetap didaftarkan ke operator Liga 1 sebagai pemain lokal. "Sementara (didaftarkan) pemain naturalisasi. Tetapi, belum tentu ya, dilihat saja nanti apa boleh sebelum dia masuk dinaturalisasi," ujar Umuh di Graha Persib, Selasa (7/5/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selfie Bareng Nia Ramadhani, Deddy Corbuzier Dicap Alay

Posted: 07 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier belum lama ini memamerkan pose terbarunya dengan Nia Ramadhani. Foto yang diunggah Deddy melalui Instagram itu, menimbulkan berbagai reaksi warganet.

Dalam fotonya, Deddy Corbuzier dan Nia Ramadhani sama-sama menjulurkan lidahnya. Namun, wajah Deddy pada foto tersebut lebih ekspresif ketimbang Nia.

"Going nuts on the gym.. Hahaha thank u for coming @ramadhaniabakrie," tulis Deddy Corbuzier dalam keterangan fotonya.

Mengomentari foto tersebut, warganet pun banyak yang menyebut pose Deddy tersebut alay. Tak heran, pasalnya selama ini Deddy selalu menunjukkan posenya yang gagah.

Komentar Warganet

Deddy Corbuzier dan Nia Ramadhani. (Instagram @mastercorbuzier)

Warganet juga tampak bingung melihat Deddy berpose seperti itu.

"Kok alay om," ujar @yogapurmediass.

"Kok maleh alay om," tulis @tamtammadiun.

"dy mnjdi alay ketika didekat wanita maupun lelaki tomboy," tulis @khimz_jt.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Arfita Dwi Putri, Istri Yama Carlos yang Diisukan Selingkuh dengan Pengacara

Posted: 07 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Arfita Dwi Putri baru-baru ini  menjadi perbincangan hangat lantaran isu perselingkuhan. Permasalahan rumah tangga Yama Carlos dengan Arfita Dwi Putri, bukan yang pertama kalinya muncul. Sebelum geger dengan kabar perselingkuhan sang istri, Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri juga sempat dua kali hampir bercerai. Telah membina rumah tangga hampir tiga tahun, Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri dikabarkan sering kali mengalami pertengkaran.

Yama Carlos sepertinya telah kebingungan untuk mempertahankan pernikahannya dengan Arfita Dwi Putri. Kali ini, Yama Carlos dikabarkan siap untuk menggugat cerai perempuan yang sudah memberinya satu anak itu. Kabar rumah tangga Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri kembali bermasalah diketahui setelah bintang film Virgin 2 mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019) kemarin.

Dari penuturan kuasa hukum Yama Carlos, Aryanto Patrianto, penyebab masalah rumah tangga kliennya berawal dari isu perselingkuhan Arfita Dwi Putri dengan seorang pengacara. Arfita Dwi Putri dituding menyelingkuhi suaminya, Yama Carlos. Dia diduga menduakan sang aktor setelah mendapatkan laporan dari email gelap.

Menonton Konser Diam-Diam

Artifa juga menjawab ada komentar yang dianggap membongkar aib rumah tangga dan tidak menghormati suaminya.

Dari informasi di email tersebut, Yama akhirnya mengetahui bahwa istrinya telah pergi menonton konser penyanyi Ed Sheeran bersama dengan R, Jumat (3/5/2019) kemarin. Padahal sebelumnya sang istri yang berprofesi sebagai pramugari itu hanya meminta izin untuk pergi bekerja. Si pramugari itu membantah telah disebut selingkuh dari Yama Carlos.

"Saya cuma bisa bilang kalau isu perselingkuhan itu tidak benar," ujar Arfita dalam pesan singkat, Selasa (7/5/2019).

Namun, Arfita tak menampik telah membohongi Yama Carlos soal menonton konser diam-diam.

"Iya itu benar kok dan saya sudah ribuan kali minta maaf mengakui salah," ujar Arfita Dwi Putri.

Arfita Dwi Putri menegaskan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah selingkuh dari Yama Carlos. "Iya salah besar itu, ngapain selingkuh? Satu saja enggak habis-habis," pungkasnya.

Ini adalah ketiga kalinya rumah tangga Yama Carlos bermasalah. Sebelumnya, Arfita Dwi Putri pernah mengajukan gugatan cerai kepada Yama Carlos pada 2017, saat usia pernikahannya baru berusia tujuh bulan. Kemudian yang kedua, Arfita Dwi Putri pernah menuduh Yama Carlos membawa kabur putranya, Marco Armanda Blessio Carlos. Sempat cekcok dan saling bongkar aib hingga nyaris cerai lagi, keduanya pun akhirnya berdamai.

Sosok Arfita Dwi Putri

Arfita Dwi Putri dan Yama Carlos

Arfita Dwi Putri merupakan seorang pramugari cantik di salah satu maskapai ternama Indonesia. Di penghujung tahun 2016, Arfita Dwi Putri resmi dipersunting aktor tampan, Yama Carlos. Yama yang beragama Nasrani, menikah dengan Arfita yang merupakan seorang Muslim. Meski sempat bikin geger, namun pernikahan mereka tetap berlangsung.

Tiga tahun membangun rumah tangga bersama Yama Carlos, Arfita Dwi Putri melahir seorang bayi laki-laki yang diberi nama Marco Armanda Blessio Carlos. Selain parasnya yang cantik, Arfita Dwi Putri ini juga dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia kerap mengikuti aksi kemanusiaan dan program charity bersama sang suami. Maka tak heran jika Yama Carlos makin dibuat jatuh hati oleh sosok Arfita Dwi Putri.

Arfita adalah seorang pramugari di salah satu maskapai terbesar di Indonesia. Sampai saat ini ia masih menjalani profesinya sebagai pramugari dan kerap bepergian ke berbagai kota dan negara di dunia. Di tengah badai prahara rumah tangganya dengan Yama, Arfita masih bekerja. Ia memenuhi tanggungjawabnya dengan profesional. Selain menjadi pramugari, ia juga jadi model salah satu produk perawatan kulit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Jangan Menilai Kesalehan Seseorang Melalui Puasa atau Salat

Posted: 07 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bersegeralah berbuka begitu matahari terbenam. Demikian pesan nabi. Tapi jangan sampai duduk di depan hidangan, hingga magrib sudah akan meninggalkan kita. 

Kendati demikian jangan menilai kesalehan seseorang melalui puasa atau salatnya saja. Ketahuilah, puasa dijadikan Allah arena untuk berlomba meraih kebijakan. Berlomba untuk melawan diri sendiri.

Puasa adalah kewajiban. Tidak ada satupun ibadah yang lebih mampu mengantarkan tekad dan kelapangan dada, seperti halnya puasa.

Tidak ada yang mengantar pelakunya meraih kemenangan melawan dirinya sendiri sebagaimana puasa. Itu sebabnya saat berbuka, yang berpuasa bergembira bukan karena hidangan telah tersedia, tapi karena meraih kemenangan melawan nafsunya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Latihan Santai Pemain Ajax Jelang Jamu Tottenham

Posted: 07 May 2019 10:15 PM PDT

Suasana saat para pemain Ajax Amsterdam berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (EMMANUEL DUNAND/AFP)

Suasana saat para pemain Ajax Amsterdam berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (EMMANUEL DUNAND/AFP)

Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag memantau anak asuhnya berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (JOHN THYS/AFP)

Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag memantau anak asuhnya berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (JOHN THYS/AFP)

Pemain Ajax Amsterdam Lasse Schone bermain bola saat berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Pemain Ajax Amsterdam Lasse Schone bermain bola saat berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Suasana saat para pemain Ajax Amsterdam berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Suasana saat para pemain Ajax Amsterdam berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). Setelah menang 1-0 pada leg pertama, para pemain Ajax terlihat hanya melakukan latihan santai. (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Pemain Ajax Amsterdam Daley Blind dan Dusan Tadic melakukan pemanasan berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Pemain Ajax Amsterdam Daley Blind dan Dusan Tadic melakukan pemanasan berlatih jelang menghadapi Tottenham Hotspur pada leg kedua Liga Champions di Amsterdam, Belanda, Selasa (7/5/2019). (REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Balutan Hijab, Audy Item Curi Perhatian

Posted: 07 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Audy Item berhasil mencuri perhatian lantaran penampilannya yang terlihat berbeda. Ia tampil cantik menggunakan hijab.

Lewat balutan foto hitam putih, Audy yang biasa tampil dengan rambut tergerai itu menutup kepalanya dengan hijab. Sembari menatap kamera, ia tersenyum manis.

"Marhaban ya Ramadan," tulis Audy dalam keterangan foto di instagram.

Berkat tampilannya ini, Audy banjir pujian. Ada lebih dari 50 pengikutnya menulis pesan pujian dalam kolom komentar.

"Cantik banget kak," tulis @indahlukman654.

"Cantiknya," tulis @azzam6535 di instagram Audy Item.

 

(Astri Agustina/Merdeka.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inalum Bakal Beli Saham Treasuri Bukit Asam

Posted: 07 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Asahan Aluminium Indonesia (Inalum) bakal membeli saham tresuri (treasury stock) PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

"Benar (Beli saham treasuri PTBA-red)," ujar Head of Corporate Communication Inalum, Rendi Witular, saat dikonfirmasi Liputan6.com, lewat pesan singkat, Rabu (8/5/2019).

Saham treasuri merupakan saham perusahaan yang telah diterbitkan dan dijual di pasar akan tetapi kemudian dibeli kembali untuk sementara.

Rendi menuturkan, ada sejumlah pertimbangan mendorong perseroan beli saham treasuri PT Bukit Asam Tbk. Prospek PTBA dalam jangka pendek dinilai akan ditopang oleh penjualan batu bara kalori tinggi (high calorie value/HCV) pada 2019 ini sebesar 3,8 juta ton.

Angka ini lebih tinggi dari HCV yang telah diproduksi pada 2018 yang masih di  bawah 1 juta ton.

Selain itu, PTBA menyasar premium market dalam penjualan batu bara kalori tinggi ini. Salah satunya Jepang.

"Hingga kini PTBA telah memegang kontrak jual beli batu bara kalori tinggi ke pasar Sri Lanka, Taiwan, Filipina dan Jepang. Di Indonesia, cadangan batu bara kalori tinggi sendiri sudah tidak banyak lagi dan memiliki nilai jual tinggi," ujar dia.

Selain itu, pembayaran dividen PTBA yang akan dipertahankan pada level 75 persen dari laba bersih juga menjadi pemicu Inalum untuk menaikkan kepemilikan.

Terkait dengan prospek jangka panjang PTBA, Inalum memastikan transformasi bisnis perseroan ke sektor hilirisasi akan berjalan sesuai dengan rencana sehingga pertumbuhan pendapatan dan laba tidak lagi bergantung pada penjualan batu bara.

Pada 2019, PTBA sudah memulai tahapan konstruksi PLTU Mulut Tambang Sumsel-8 dengan kapasitas 2x620 MW yang akan mulai beroperasi 2022. Proyek ini merupakan PLTU mulut tambang terbesar di Indonesia.

PT Bukit Asam Tbk bersama Pertamina juga akan memulai pengembangan fasilitas gasifikasi batu bara yang dapat menghasilkan synthetical gas (syngas) hingga dimethyl ether (DME) yang bisa mensubstitusi liquefied petroleum gas (LPG) rumah tangga. Fasilitas gasifikasi itu diharapkan dapat berproduksi pada 2023.

Kemungkinan perseroan akan membeli dengan harga rata-rata 90 hari. "Harga rata-rata 90 hari," kata Rendi.

Pada sesi pertama perdagangan saham Rabu, 8 Mei 2019 pukul 11.10 waktu JATS, saham PT Bukit Asam Tbk susut 5,29 persen ke posisi Rp 3.220 per saham.

Saham PTBA ditransaksikan dengan frekuensi 6.485 kali dengan nilai transaksi Rp 332,3 miliar.

 

PTBA Beri Penjelasan ke BEI

Pekerja bercengkerama di depan layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta, Rabu (16/5). IHSG ditutup naik 3,34 poin atau 0,05 persen ke 5.841,46. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), pada 2 Mei 2019, manajemen PT Bukit Asam Tbk menjelaskan kalau berdasarkan laporan tahunan PTBA hingga tahun buku 2018, perseroan memiliki saham treasuri hasil pembelian kembali fase I sebanyak 576.032.500 lembar saham atau setara 5 persen dari total saham perseroan.

Berdasarkan ketentuan Peraturan OJK Nomor 30/POJK.04/2017 tentang pembelian kembali saham yang dikeluarkan oleh perseroan terbuka (POJK Nomor 30 tahun 2017) akan memasuki jatuh tempo pada Mei 2019.

Mengutip laporan keuangan perseroan pada kuartal I 2019, PTBA memiliki saham treasuri 980.283.500 atau 8,51 persen.

Perseroan pun telah mendapatkan waiver terhadap ketentuan pasal 23 POJK Nomor 30 Tahun 2017 yang mewajibkan perusahaan terbuka untuk menyampaikan keterbukaan informasi kepada publik H-14 sebelum penjualan saham treasuri, waiver ini dimuat pada surat OJK nomor S-14/D.04/2018 tanggal 16 Maret 2018 (surat OJK Nomor S-14/2018), untuk keterbukaan informasi sehubungan dengan penjualan saham treasuri perseroan, perseroan diminta OJK untuk menyampaikan keterbukaan kepada publik paling lambat dua hari kerja setelah tangga penjualan.

Perseroan juga telah menjual saham treasuri sebesar 63.171.800 lembar saham pada 2 April 2019.

Selanjutnya terkait sisa saham treasuri perseroan yang akan dilakukan penjualan dalam waktu dekat, untuk hasilnya (termasuk pihak pembeli) akan disampaikan keterbukaan informasinya kepada publik paling lambat dua hari kerja setelah tanggal penjualan sesuai surat OJK Nomor S-14/2018.

Apabila perseroan berhasil melepaskan saham perseroan, akan berimplikasi pada jumlah saham perseroan yang beredar akan bertambah, sehingga pada RUPS perseroan 25 April 2019 belum diputuskan pembagian dividen per saham guna hindari masalah di kemudian hari terkait perbedaan besaran dividen per lembar saham dan ketidakpastian publik.

Untuk itu, perseroan akan menyampaikan kembali pembagian dividen per saham setelah tanggal recording date pada 8 Mei 2019.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenius, Pria Ini Buat Desain Kaus Unik Demi Dapatkan Hal Tak Terduga

Posted: 07 May 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demi mendapatkan sesuatu yang berharga pasti memerlukan usaha yang sangat keras. Sama halnya dengan apa yang dilakukan pria asal Jepang yang membuat hal menarik agar mendapatkan sesuatu yang berharga.

Pria asal Jepang ini dengan jeniusnya membuat sebuah kaus yang memiliki desain sangat unik. Dimana tampak belakang pada desain kaus tersebut memperlihatkan gambar rel kereta api. Usut punya usut, ada alasan khusus di balik pembuatan kaus dengan desain unik itu.

Hal yang berharga itu sangat penting bagi pria itu dan alasan membuat desain baju unik tersebut tidak terduga dan tidak terpikirkan sama sekali. Yang pasti desain pria ini banyak menuai pujian dari berbagai netizen dunia.

Berikut kisah di balik ide pembuatan kaus dengan desain yang unik sebagaimabn dirangkum Liputan6.com Rabu (8/5/2019) dari Boredpanda. 

Membuat Desain Baju Unik

Jenius, Pria Ini Buat Desain Kaos Unik Demi Dapatkan Hal Tak Terduga (sumber: Boredpanda)

Pria asal Jepang bernama Ken Kawamoto membuat hal unik terkait desain baju. Ken dengan jeniusnya membuat baju yang menggambarkan rel kereta api di bagian belakang baju. Baju berwarna putih dengan adanya dua jalur rel kereta api in memang terlihat biasa saja. Namun setelah dijelaskan, apa maksud baju buatannya, maka banyak yang takjub dengan karya Ken.

Alasan Ken membuat desain baju rel kereta api

Jenius, Pria Ini Buat Desain Kaos Unik Demi Dapatkan Hal Tak Terduga (sumber: Boredpanda)

Alasan Ken membuat baju dengan desain rel kereta api ialah agar bisa dibuat anaknya bermain. Namun bukan hanya bermain, baju tersebut dirancang, agar sang anak bisa bermain dengan memijat punggungnya. Dan hal tersebut berjalan, karena dengan dua jalur rel yang digunakan akan membuat punggung Ken terasa lebih nyaman saat dipijit.

Selain dipijit, baju tersebut juga bisa dipakai untuk menginjak-injak punggung dengan memakai sepatu berbentuk kereta yang kemudian ada anak yang berjalan di atas punggung mengikuti jalur rel kereta api. Sungguh sangat kreatif.

 

Video mekanisme fungsi baju buatan Ken

Respon Netizen

Kreativitas Ken pun jadi ramai diperbincangkan. Bahkan karena dinilai baju tersebut sangat bermanfaat, Ken pun akhirnya memilih menjual baju tersebut dengan harga 2500 Yen atau sekitar Rp 325 ribu. 

Baju unik ini pun tidak luput dari respon netizen sebagai berikut.

"Ide bagus" tulis akun @maco_wa_wa

"Saya ingin membeli T-shirt ini ketika anak saya masih kecil, Bagus untuk komunikasi orang tua-anak!" tulis @makimaikuro18

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Jaya: Semua Pihak Bergerak Minimalisir Potensi Kerawanan Pemilu

Posted: 07 May 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memprediksi, tidak akan ada kejadian menonjol di Ibu Kota Jakarta selama tahap penghitungan hingga rekapitulasi suara Pemilu 2019. Menurut Gatot, semua kegiatan unjuk rasa yang dikhawatirkan berjalan aman, lancar, dan kondusif.

"Rekan-rekan kami dari intelijen, Binmas bergerak terus. Dan semuanya bergerak, untuk bagaimana kita meminimalisir potensi kerawanan yang ada agar tak berkembang menjadi suatu gangguan keamanan," kata Gatot di Polda Metro Jaya, Rabu (8/6/2019).

Meskipun demikian, Gatot mengingatkan agar seluruh anggotanya terus fokus dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga, apa pun yang dikhawatirkan tak akan terjadi.

"Sehingga kegiatan kami yang ada di sini bisa berjalan dengan lancar," tegas Gatot.

Dia meminta seluruh anggota dapat berperan menyampaikan kepada masyarakat kalau saat ini Ibu Kota tetap terjaga selama Pemilu 2019.

Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersatu dan menghilangkan sekat perbedaan setelah pencoblosan Pemilu 2019.

"Tidak melakukan hal yang memprovokasi atau sebagainya. Kalau ini bisa kami pertahankan, situasi kondusif ini bisa kita pertahankan sampai 22 Mei bahkan seterusnya kita pertahankan," sambung Gatot.

Gatot berharap, Pemilu 2019 ini berjalan aman dan lancar agar tak terjadi perpecahan.

"Katakanlah pesta sudah selesai, kita tunggu. Kalau tak puas, ada mekanisme penyelesaiannya. Kalau ada oknum lakukan pelanggaran bisa disampaikan kepada DKPP nya. Kalau pelanggar pemilu, sampaikan kepada Bawaslu. Kalau nggak puas hasil KPU, bisa sampaikan mekanismenya melalui MK," pungkas Gatot.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Misterius Tabrak Kerumunan Anak TK di Jepang, 4 Orang Kritis

Posted: 07 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah mobil menabrak sekumpulan anak Taman Kanak-kanak (TK) di bagian barat Prefektur Shiga, Jepang pada Rabu 8 Mei 2019. Setidaknya empat orang terluka parah dalam kejadian tersebut, menurut laporan polisi.

"Insiden itu terjadi di sebuah jalan di Ogaya, Kota Otsu," kata seorang sumber dari kepolisian Jepang, mengutip Channel News Asia, Rabu (8/5/2019).

 

"Sebuah mobil menabrak barisan sekitar 15 anak TK. Beberapa orang terluka," lanjut polisi.

Anak-anak bersama para guru tengah berada di trotoar dekat persimpangan ketika kendaraan itu menabrak mereka. Rekaman di media lokal setelah kecelakaan menunjukkan mobil itu membelok dari jalan dan masuk ke trotoar.

Media pemerintah Jepang NHK melaporkan bahwa empat anak tengah berada dalam kondisi kritis. Sementara yang lain saat ini masih dirawat intensif di rumah sakit.

Misteri Penabarakan

Ilustrasi Kecelakaan (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Pemerintah lokal telah mengonfirmasi adanya insiden, namun tidak memberikan keterangan lebih lanjut. Hingga saat ini masih belum diketahui mengapa mobil itu membelok dari jalan dan menabrak anak-anak.

Adapun pengendara mobil juga masih diselidiki. Perlu diketahui, Jepang tengah mengalami adanya peningkatan kecelakaan fatal lalu lintas yang disebabkan oleh pengemudi tua.

Pengemudi mobil berusia lebih dari 65 tahun telah bertanggung jawab terhadap 965 insiden mematikan di Jepang pada 2016. Jumlah itu adalah seperempat dari total kecelakaan dengan korban meninggal, menurut kepolisian nasional Jepang.

Biasanya, para pengemudi tua kebingungan antara akselerator dan rem atau kehilangan kendali kemudi.

 

Bukan Kali Pertama

Ilustrasi Kecelakaan Mobil (iStockPhoto)

Bulan lalu, seorang wanita dan putrinya yang berusia tiga tahun tewas ketika seorang pria lanjut usia (87) menabrak sepeda mereka.

Pengemudi mengatakan kecelakaan itu disebabkan oleh kesalahan pada mobil dan polisi masih menyelidiki.

Menabrak orang lain saat mengemudi adalah hal yang sangat dihindari di Jepang. Tindakan itu dianggap sama seperti pembunuhan berencana.

Sanksi yang diberikan sangat berat, terlebih apabila diketahui pelaku berada dalam kondisi tidak sadarkan diri. Hukuman dalam kasus penabrakan di jalan raya adalah penjara seumur hidup, apabila korban tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berburu Produk Kerajinan Nusantara di DhawaFest Pesona 2019

Posted: 07 May 2019 10:03 PM PDT

Pengunjung mengamati berbagai produk dalam pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengunjung mengamati berbagai produk dalam pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pengrajin menyelesaikan kain tenunnya dalam pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Seorang pengrajin menyelesaikan kain tenunnya dalam pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengunjung menunggu untuk membayar produk di kasir selama pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengunjung menunggu untuk membayar produk di kasir selama pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berbagai karya hasil kerajinan tangan yang dipamerkan dalam DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berbagai karya hasil kerajinan tangan yang dipamerkan dalam DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengunjung mencoba perhiasan hasil kerajinan tangan dalam pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pengunjung mencoba perhiasan hasil kerajinan tangan dalam pameran DhawaFest Pesona 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (8/5/2019). Acara pameran produk lokal nusantara tersebut diselenggarakan hingga 10 Mei 2019 mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Airbag, Honda Indonesia Recall Ribuan Accord

Posted: 07 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia secara resmi mengumumkan kampanye Product Update (PUD) komponen airbag inflator untuk model Honda Accord.

Melalui rilis resminya, HPM mengaku penarikan ini merupakan lanjutan dari kampanye Product Update sebelumnya yang telah diumumkan pada Februari 2016 lalu.

Dalam kampanye tersebut, Honda mengumumkan penggantian Airbag Inflator pada 2.856 unit Honda Accord (CM5) tahun produksi 2003 – 2007, dimana terdapat potensi airbag yang mengembang secara berlebih sehingga dapat membahayakan pengemudi dan penumpang.

Sebagai kelanjutan dari kampanye tersebut, pada bulan Maret 2019, Honda mengumumkan penggantian komponen airbag inflator yang kedua sebagai tindakan pencegahan, sehingga konsumen yang mobilnya teridentifikasi disarankan untuk melakukan penggantian komponen airbag inflator secepatnya.

Himbauan diberikan kepada seluruh konsumen yang telah melakukan penggantian airbag inflator maupun yang belum melakukan penggantian. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Selanjutnya

Selain itu, HPM juga akan mengirimkan surat pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi. Setiap pemilik kendaraan juga dapat melakukan pengecekan untuk mengetahui apakah mobilnya termasuk kendaraan yang teridentifikasi program penggantian airbag inflator dengan membuka link http://pud.honda-indonesia.com .

Pemilik kendaraan yang telah teridentifikasi dapat menghubungi atau datang ke dealer resmi Honda terdekat untuk mendaftarkan kendaraannya. Proses penggantian komponen airbag inflator akan dilakukan sekitar 1 – 2 jam, tanpa dikenakan biaya apapun.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kate Middleton Akhirnya Bersuara Usai Meghan Markle Melahirkan

Posted: 07 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meghan Markle telah melahirkan buah hati pertamanya pada Senin, 6 Mei 2019. Soal kabar bahagia ini, Kate Middleton pun akhirnya buka suara saat mengunjungi Cutty Sark di London, tepatnya ketika ia dan Pangeran William hadir dalam lomba layar The King's Cup.

Melansir Hello Magazine, Rabu (8/5/2019), Duchess of Cambridge menyebut bahwa ia tidak sabar untuk mengetahui nama sang ponakan. Kate juga antusias untuk segera bertemu putra Meghan Markle dan Pangeran Harry.

"Seperti yang dikatakan William, kami menanti untuk bertemu dengannya dan mencari tahu namanya. Ini sangat menyenangkan bagi mereka berdua dan kami berharap yang terbaik untuk mereka," jelas Kate, Selasa, 7 Mei 2019.

Ibu tiga anak ini juga memberikan perhatian juga dukungan terkait masa-masa awal memiliki buah hati. "Beberapa minggu ke depan selalu sedikit menakutkan untuk tahap pertama, jadi kami berharap yang terbaik untuk mereka," lanjutnya.

Selain itu, Kate juga menyampaikan bahwa belakangan ini menjadi momen yang sangat istimewa. Terlebih dua buah hatinya, Pangeran Louis dan Putri Charlotte baru saja merayakan ulang tahun.

"Ini adalah waktu yang tepat untuk memiliki buah hati, musim semi telah tiba," ungkap Kate Middleton.

Antusiasme Pangeran William

Kate Middleton dan Meghan Markle bersama suaminya Pangeran William dan Pangeran Harry  saat menghadiri perayaan Natal kerajaan di Gereja St Mary Magdalene di Sandringham, Inggris (25/12). (AFP Photo/Paul Ellis)

Selain Kate Middleton, Pangeran William pun tak dapat menutupi antusiasmen ketika mengetahui Meghan Markle telah melahirkan. Ia pun mengungkapkan rasa senang atas kabar bahagia tersebut.

"Jelas senang, benar-benar senang dan jelas menantikan untuk bertemu mereka dalam beberapa hari ke depan ketika semuanya sudah tenang," kata pria berusia 36 tahun itu.

Pangeran William juga sempat berkelakar soal 'kehidupan' ayah baru yang kurang tidur. "Saya sangat senang menyambut saudara saya sendiri dalam kelompok kurang tidur yang mengasuh anak," tambahnya.

Sebelumnya, Pangeran Harry pun sempat mengungkapkan hal demikian ketika mengumumkan kehadiran buah hatinya. Melansir People, jadwal tidur suami Meghan ini berkurang. "Saya tidur sekitar dua jam," katanya berdasarkan ITV.

Sementara, putra Meghan Markle dan Pangeran Harry lahir Senin, 6 Mei 2019 pagi hari waktu Inggris dengan berat 7 pon dan 3 ons. Kabar gembira ini juga disampaikan melalui akun Instagram resmi mereka, @sussexroyal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub : THR Dibagikan Akhir Bulan Ini

Posted: 07 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenhub mengenai kepastian pencairan Tunjangan Hari Raya (THR).

Hal ini diucapkan Menhub ketika membuka acara Ramadan Festival 2019 di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, pagi ini.

"Ada kabar gembira, THR untuk aparatur sipil negara (ASN) dibagikan akhir bulan ini," kata Menhub di kantornya, Rabu (8/5/2019).

Pada acara Ramadan Festival 2019 ini, beberapa paket sembako dan santunan dibagikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk para BUMN seperti diantaranya PT KAI (Persero) Tbk dan Damri.

"Kegiatan menyantuni pasti berkah. Saya bergembira, semoga ini bisa jadi keseharian bahwa dalam hidup ini sehari-hari harus penuh tanggung jawab namun juga memberikan nilai-nilai yang baik," tambahnya.

Menhub juga memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara yang sudah berkomitmen mengadakan acara berbagi yang bernilai bagi kehidupan orang lain.

 

Menpan-RB: THR PNS Diputuskan Cair 24 Mei 2019

(Foto: dok Humas MenpanRB)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin memastikan, Tunjangan Hari Raya (THR) Pegawai Negeri Sipil (PNS) cair pada 24 Mei 2019. Dia menyebut penetapan waktu pencairan THR ini telah diputuskan dalam rapat terbatas.

"Itu sudah diputuskan, tanggal 24 (Mei)," ucap Syafruddin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/6/2019).

Kendati begitu, Syafruddin mengaku belum mengetahui besaran THR yang akan diterima PNS pada tahun ini. Mantan Wakapolri itu meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung kepada Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu)

"Beliau yang jelaskan, saya enggak ngerti itu. Iya, cegat Wamenkeu untuk lebih rinci," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan THR akan cair sebelum libur Lebaran yang jatuh pada 5 Juni 2019. Saat ini pemerintah tengah membuat Peraturan Pemerintah (PP) terkait hal tersebut.

"Kalau Lebaran jatuh di 5 Juni 2019 dan ada libur bersama dari akhir Mei, maka kami akan membayarkan THR sebelum libur bersama itu," ucap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers, Selasa 19 Maret 2019.

"Jadi untuk THR tetap kita lakukan, PP-nya akan dikeluarkan oleh Pak Presiden (Joko Widodo)," sambungnya.

Gaji ke 13

Ilustrasi Gaji

Sementara itu untuk gaji ke-13, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu memastikan tidak akan ada perubahan jadwal dari tahun-tahun sebelumnya.

Setiap tahun, gaji ke-13 dicairkan setiap 1 Juli. Menurut Sri Mulyani, jadwal itu tidak ada perubahan setiap tahun sejak 10 tahun lalu.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membingkai Kisah Eks Tapol Kodri, Guru Ngaji Penghuni Pulau Buru

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Bicara peristiwa 1965, Pulau Buru akan membuntuti di belakangnya. Buru, adalah sebuah pulau di Maluku untuk membuang para tapol atau tahanan politik yang diduga terkait dengan PKI.

Ini adalah kisah Kodri. Sebuah anomali nasib manusia yang hidup pada masa revolusi 1965.

Kodri sejatinya adalah pemuda yang taat beragama. Kodri rajin beribadah dan mengajar anak-anak mengaji, jauh hari sebelum ia disangkutpautkan dengan PKI yang akhirnya membuatnya dibuang ke Pulau Buru.

Kodri boleh dibilang pemuda cerdas. Lazimnya remaja terdidik pada zamannya, ia pun berorganisasi. Ia memilih organisasi Pemuda Rakyat alias PR. Sebuah organ pemuda sayap PKI.

Namun, pilihan organisasi itu lah pangkal derita bertubi-tubi yang dialami Kodri. Usai peristiwa 1965, ia ditangkap dan lantas dibuang ke Pulau Buru.

Pun setelah pulang dari Pulau Buru, Kodri tetap Kodri yang saleh. Bedanya, usai pulang dari Pulau Buru, ia mengajar mengaji anak-anak di langgar sambil diawasi tentara.

Stigma Buruk Eks Tapol

Ilustrasi – Pengambilan gambar film dokumenter perampasan tanah dan kuburan massal usai peristiwa 1965 di Cipari Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah . (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Rupanya, kesalehan Kodri itu tak menghapus stigma yang kadung tersemat. Selain wajib lapor sepekan dua kali ke Koramil, setelah bebas dan pulang dari Pulau Buru, Kodri masih diawasi, dicurigai, bahkan disepelekan.

Pada suatu hari, Kodri yang hanya tinggal bersama ibunya, bertemu Daryo, teman lama sesama bekas tahanan politik di Koramil saat wajib lapor. Merasa senasib sepenanggungan, Daryo meminta Kodri menikahi Sri, adiknya.

Kodri tak menolak tawaran Daryo setelah mendapat restu ibunya. Singkat kata, keduanya menikah.

Mestinya, Kodri begitu menikmati kehidupannya sebagai suami dan calon ayah. Tak lama usai menikah, Sri mengandung.

Namun, hidup Kodri semakin berat. Bukan karena beban ekonomi. Kekhawatiran dan kecemasan terus membayangi eks tapol PKI ini.

Kisah Kodri ini, 40 tahun kemudian diangkat menjadi film fiksi pendek oleh para pelajar SMK HKTI 2 Purwareja, Klampok, Banjarnegara dengan judul, "Buru". Film ini kini tengah memasuki tahap usai produksi.

Di bawah bendera ekstrakulikuler sinematografi Hika Production dan fasilitasi Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga, pengambilan gambar dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 27-28 April 2019, di wilayah Kecamatan Susukan dan Purwareja Klampok.

Tantangan untuk Sineas Muda

Sutradara film Buru, Supangat mengatakan, ia mesti mempelajari banyak literatur dan referensi tentang sejarah Indonesia tahun 1965. Tantangannya, ia dan teman-temannya juga menyiapkan set film dengan latar tahun 1979.

"Berat memang, tapi kami jadi berkesempatan belajar banyak hal, yang bahkan tidak kami pelajari di sekolah," ujar siswa kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini.

Sama dengan sutradara yang harus mempelajari sejarah 1965, sang pemeran tokoh Kodri, Taufik Setyo Pambudi, mesti mengandalkan literasi. Salah satunya, dengan menonton film pendek bertema 1965 yang jumlahnya hanya tak habis dengan jari.

"Pada dasarnya, saya senang dunia akting, makanya ketika lolos casting, saya menjadikan peran ini sebagai tantangan," ucap Taufik.

Produser yang juga guru pembina ekskul sinema Anggiriani Agustin Puspitasari mengatakan skenario film ini ditulis dari kisah nyata seorang mantan tapol dari Purbalingga.

"Ketika saya tawarkan pada anak-anak, mereka antusias dan menyatakan berani memfilmkan. Ya masa saya takut? Lagi pula, sekolah juga mendukung," tutur guru pengampu pelajaran seni tari ini.

Film ini direncanakan berdurasi 15 menit. Film dipersiapkan untuk ikut serta dalam program Kompetisi Pelajar se-Banyumas Raya, Festival Film Purbalingga (FFP) 2019 yang akan digelar pada 6 Juli-3 Agustus 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Depak Barcelona dari Liga Champions, Busquets Minta Maaf

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sergio Busquets, sangat kecewa dengan kekalahan 0-4 yang dialami Barcelona saat bertandang ke markas Liverpool pada leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (8/5/2019). Namun Busquets tidak ingin membela diri dan memilih meminta maaf atas kegagalan itu. 

Unggul 3-0 di leg pertama, satu kaki Barcelona sejatinya sudah berada di final saat menyambangi markas Liverpool. Namun tekad para pemain The Reds membuat laju tim asal Catalunya itu terhenti setelah dipaksa menelan kekalahan empat gol tanpa balas. 

Akibat kekalahan ini, Barcelona kalah agregat 3-4 atas Liverpool. "Mereka lebih baik, sejak awal mereka datang untuk pertandingan ini. Kami sangat kewalahan dengan tekanan mereka dan semakin sulit saat mereka mencetak gol," kata Busquets usai pertandingan. 

"Kami berusaha mencetak gol, tapi tidak bisa. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi selain minta maaf karena setelah AS Roma, kejadian ini kembali menimpa kami," bebernya. 

Bukan kali pertama Barcelona tersingkir setelah sempat menang besar di leg pertama. Musim lalu, kejadian yang mirip juga dialami Lionel Messi dan kawan-kawan. Setelah unggul 4-1 di Camp Nou, Barcelona justru kalah 0-3 di markas Roma pada leg kedua. 

Hasil ini membuat Barca gagal melaju ke semifinal akibat kalah agresivitas gol tandang.   

 

Kekuatan Liverpool

Megabintang Barcelona, Lionel Messi bereaksi saat penyerang Liverpool, Divock Origi merayakan gol pada laga kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Selasa (7/5/2019). Barcelona menelan kekalahan mengejutkan ketika melawat ke markas Liverpool dengan skor 0-4 (agregat 3-4). (AP/Dave Thompson)

Liverpool sebenarnya tampil tanpa kekuatan terbaiknya menyusul absennya Mohamed Salah dan Firmino. Namun dengan amunisi yang ada, The Reds tampil menekan sepanjang laga. 

"Ketika mereka melakukan tekanan dengan hebat," ujar Busquets mengenai kekuatan Liverpool. "Jika kami mencetak gol kedua, kami pasti punya peluang. Tapi itu perbincangan sulit saat ini, tapi saya tidak ingin menyalahkan siapapun. Hanya mohon maaf kepada fans."

 

Liverpool Lebih Cerdas

Striker Barcelona, Lionel Messi, berusaha melewati pemain Liverpool pada laga semifinal Liga Champions 2019 di Stadion Anfield, Selasa (7/5). Liverpool menang 4-0 atas Barcelona. (AP/Dave Thompson)

Kegagalan Barcelona tidak terlepas dari gol keempat Liverpool yang tercipta pada laga ini. Gol tersebut lahir dari proses cerdik yang berhasil mengecoh pada pemain belakang Barca. 

"Itu kesalahan dari kami, mematikan. Mereka lebih pintar dari kami, mereka mengambilnya dengan cepat dan pemain mereka berdiri sendirian," beber Busquets. 

Sumber: AS. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Duit, Apple Beli Perusahaan Baru Tiap 2-3 Minggu

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan, Tim Cook, CEO Apple menyatakan Apple kerap mengakuisisi perusahaan baru 2-3 minggu sekali.

Enam bulan terakhir saja, Apple sudah membeli sekitar 20 hingga 25 perusahaan baru. Apple memang sengaja tidak mengumumkan hal ini karena mereka ingin fokus mencari talenta dan properti intelektual anyar, seperti yang dikutip oleh Tekno Liputan6.com dari CNBC, Rabu (8/5/2019).

Akusisi yang agresif ini membuktikan kalau Apple punya banyak uang.

Bagaimana tidak, dalam laporan keuangan kedua tahun fiskal saja perusahaan ini dilaporkan punya USD 225,4 miliar atau sekitar Rp 3.226 triliun uang tunai (Kurs 1 Dollar = Rp 14.312), menjadikannya perusahaan dengan kepemilikan uang tunai paling banyak di dunia.

Selain itu, Apple juga dinyatakan memberi kontribusi setidaknya USD 350 miliar atau sekitar Rp 5 ribu triliun untuk Amerika Serikat selama 5 tahun terakhir.

Tahun lalu, Apple telah menginvestasikan USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 miliar untuk membangun kampus di daerah Austin Utara, Amerika Serikat. Sekarang, Apple ingin fokus berinvestasi di bidang yang lain.

"Jika punya sisa uang, kita lihat akan dikemanakan uang itu. Kita butuh (perusahaan) yang cocok dan punya tujuan strategis, oleh karenanya kita mengakuisisi perusahaan baru tiap 2-3 minggu," ujar Cook.

Meski begitu, Apple sebenarnya dikenal tidak mudah melakukan akuisisi besar-besaran. Terakhir, Apple mengakuisisi Beats tahun 2014 lalu dengan nilai USD 3 miliar atau sekitar Rp 42,9 triliun.

Beats kemudian berubah jadi Apple Music. Beberapa pihak menilai Apple akan menggunakan uang tunainya untuk melakukan akuisisi besar-besaran dengan perusahaan seperti Tesla atau Netflix.

Huawei Berpotensi Taklukkan Apple Rajai Pasar Smartphone

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)Liputan6.com, Jakarta - Huawei dinilai berpotensi memperbutkan posisi teratas vendor smartphone global. Bahkan, perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut diyakini bisa menyalip Apple dan Samsung.

Seperti dilansir ZDNet pada Senin (6/5/2019), data dari IDC memperlihatkan kalau performa penjualan smartphone Huawei terus meningkat di tengah lesunya penjualan smartphone vendor lain.

Padahal penjualan smartphone vendor lain secara keseluruhan menurun sekitar 6,6 persen pada kuartal pertama 2019, jika dibanding kuartal pertama tahun lalu, atau menjadi sekitar 310,8 juta unit.

Diketahui, penurunan ini terjadi secara beruntun selama enam tahun terakhir. Pada tahun lalu, penjualan menurun menjadi 4,1 persen.

Tren ini bahkan dianggap menjadi tanda memburuknya penjualan smartphone di seluruh dunia. Bahkan, Apple dilaporkan mengalami penurunan yang tajam.

"Huawei justru berfokus pada pertumbuhan perusahaan pada perangkat mobile seperti smartphone," kata Wakil Presiden Program Worldwide Mobile Device Trackers IDC, Ryan Reith.

 

Tantangan Bagi Apple

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Menurutnya, semakin banyak perangkat yang dijual Huawei dan Samsung, semakin berat bagi Apple untuk memperluas ekosistemnya.

Hal ini dirasa menjadi ancaman telak bagi Apple jika tidak bergerak cepat, mengingat Huawei dan Samsung merupakan vendor yang tergolong agresif dalam berbisnis.

Huawei juga ditaksir mampu mencakup 50 persen pangsa pasar di Tiongkok, dan meraih pangsa pasar dunia dari Samsung pada 2020. Jika memang taksiran tersebut benar, Apple sebaiknya segera berbenah.

(Tik/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Narapidana Bentrok di Penjara Guatemala, 7 Tewas

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kerusuhan berdarah terjadi di penjara Guatemala hari Selasa (7/5) pagi. Sedikitnya 7 orang tewas dalam kerusuhan tersebut. Sementara puluhan narapidana lainnya alami luka-luka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket Pesawat Mahal, Warga Bakal Pilih Jalur Darat saat Mudik

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Volume kendaraan jalur darat pada masa mudik Lebaran 2019 diprediksi naik hingga 10 persen dibandingkan tahun lalu. Kenaikan antara lain dipicu tingginya harga tiket pesawat, membuat masyarakat mengalihkan perjalanan lewat darat.

Kepala Sub Bidang Operasional dan Pemeliharaan II Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ), Joko santoso mengatakan, tingginya harga tiket pesawat membuat masyarakat beralih menggunakan moda transportasi darat karena secara hitungan biaya pengeluaran jauh lebih hemat.

"Prediksinya naik 10 persen (jalur darat) dari yang lalu karena ada dampak dari kenaikan tarif pesawat sebenernya, jadi akan ada peningkatan beralih ke penggunaan kendaraan pribadi," kata dia.

Seperti diketahui, polemik harga tiket pesawat saat ini masih menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah.

Badan Pusat Statistik (BPS) pun mencatat kenaikan harga tiket telah berdampak pada penurunan penumpang domestik sebesar 21,94 persen dari 7,73 juta Maret 2018 menjadi 6,03 juta Maret 2019.

Sebelumnya juga, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memperkirakan jumlah penumpang angkutan udara pada masa mudik Lebaran 2019 akan berkurang karena masih tingginya harga tiket pesawat terbang.

"Ya kalau tahun lalu angkutan udara kira-kira tumbuhnya 4 persen ya, dan kalau tahun ini sekitar 10 persen pindah ke angkutan lain, seperti laut dan darat juta kereta api untuk menampungnya," kata Budi Karya di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

Ada Tol Trans Jawa dan Sumatera, Konsumsi BBM Saat Lebaran Bakal Naik

Walaupun harganya tak murah, Tol Trans Jawa menyediakan banyak keuntungan bagi masyarakat.

Sebelumnya, PT Pertamina prediksi konsumsi BBM di ruas tol akan meningkat pada periode Lebaran 2019. Hal ini dipicu oleh tersambungnya Tol Trans Jawa dari Merak sampai Probolinggo maupun tol Trans Sumatera dari Bakauheuni sampai Terbanggi Besar. 

Tersambungnya ruas-ruas tol tersebut membuat masyarakat cenderung untuk menggunakan jalan bebas hambatan saat melakukan mudik Lebaran 2019.

SVP Retail Marketing Business PT Pertamina, Jumali mengatakan, secara umum, konsumsi BBM khususnya jenis gasoline di ruas-ruas tol akan meningkat sebesar 15,78 persen. 

Jika konsumsi rata-rata harian normal 92.563 kilo liter per hari, pada periode mudik Lebaran, konsumsi BBM akan menjadi 107.165 kilo liter.

Itu meningkat pesat dari catatan konsumsi selama periode Ramadan dan Idul Fitri 2018, yang hanya meningkat dari konsumsi harian sebesar 90.110 kilo liter per hari menjadi 99,230 kilo liter per hari atau meningkat 10,12 persen.

"Tahun ini terhubung. Ini jadi challange bagi Pertamina menyiapkan sepanjang jalur tol tersebut walaupun tidak mengabaikan kebutuhan BBM di jalur reguler," kata dia, di Jakarta, Senin, 29 April 2019.

Konsumsi BBM di ruas tol wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Ramadan dan Idul Fitri 2019, diperkirakan mengalami lonjakan tertinggi hingga 300 persen dibandingkan tahun lalu.

Kemudian disusul Jawa Timur sebesar 140 persen. Selanjutnya wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat sebesar 100 persen. "Dengan tuntasnya jalur tol di wilayah Jateng dan Jatim, maka diproyeksikan konsumsi BBM juga meningkat di sepanjang tol baru," ujar dia.

Untuk itu, Pertamina akan menyiagakan sebanyak 43 SPBU di sepanjang jalan tol di Jawa dengan rincian 31 unit di Jakarta dan Jabar, delapan unit di Jateng dan DIY, serta lima unit di Jatim. 

Sedangkan untuk ruas Tol Bakauheuni-Terbanggi Besar, Pertamina telah akan menyiagakan empat unit SPBU modular. "Supaya aman kita siapkan lebih besar, sehingga kalau memang peningkatannya lebih dari tahun lalu itu sudah ter-cover," tandasnya. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menebak Kepribadian Seseorang yang Sering Menggerakan Tangan Saat Bicara

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu memiliki kebiasaan yang berbeda dalam kesehariannya, seperti menggerakan tangan atau menggunakan gestur tangan saat berbicara.  Nah, apakah kamu salah satunya?

Ternyata kebiasaan menggerakan tangan saat berbicara bisa mengungkap kepribadian seseorang lo. Penasaran seperti apa kepribadiannya?

Melansir dari Huffingtonpost, menggerakkan tangan bisa membantu kita mengekspresikan isi pikiran kita dengan cara yang lebih efektif. "Gerakan tangan merupakan aspek komunikasi yang sangat kuat, baik dari sisi pembicara maupun pendengar," jelas Dr. Carol Kinsey Goman, pakar bahasa tubuh dan penulis The Nonverbal Advantage: Secrets and Science of Body Language at Work dan The Silent Language of Leaders.

Sebuah penelitian yang menganalisis TED Talks pada 2015, menemukan bahwa pembicara yang paling populer dan viral menggunakan sekitar 465 gerakan tangan, yang hampir dua kali lipat lebih banyak dari para pembicara yang kurang populer.

Penelitian lain menemukan bahwa orang-orang yang "berbicara" dengan tangannya umumnya dikenal sebagai pribadi yang hangat, ramah, dan energik. Sementara yang jarang menggunakan tangannya saat berbicara biasanya memiliki kepribadian logis, dingin, dan analitis.

 

Memudahkan Cara Berpikir

Tubuh kita memiliki peran penting dalam cara kita berpikir. Gerakan tangan membantu kita mengutarakan isi kepala kita dan membantu orang lain paham dengan yang kita utarakan.

"Melakukan gerakan tak bisa terpisahkan dari kegiatan berbicara, dan bergerak saat berbicara dapat memudahkan cara berpikir kita," lanjut Kinsey.

Dengan menggerakan tangan saat berbicara bisa memudahkan seseorang berbicara dengan jelas, menggunakan bahasa yang lebih deklaratif dan bisa berpikir jernih. Selain itu, seseorang yang memiliki kebiasaan tersebut juga dikenal individu yang ramah dan energik. Tak heran jika orang-orang di sekelilingnya merasa nyaman berada di dekat mereka.

Jadi, apakah kamu salah satu individu yang sering berbicara sambil menggerakan tangan?

Reporter:

Endah Wijayanti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips agar Tidak Terlalu Haus Saat Menjalankan Puasa Ramadan

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menahan lapar mungkin mudah dilakukan bagi sebagian orang mudah dilakukan tapi menahan haus adalah yang sulit saat puasa. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak terlalu haus saat menjalankan puasa Ramadan kali ini.

"Jangan banyak bicara dan jangan beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat (seperti beraktivitas di saat panas)," kata dokter spesialis gizi klinik Diana Sunardi kepada Liputan6.com ditulis Rabu (8/5/2019).

Ketika tubuh beraktivitas apalagi aktivitas berat di tempat yang panas membuat seseorang bisa dehidrasi. Kondisi tersebut membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Hal ini yang bisa membuat rasa haus terjadi.

 

Ilustrasi air putih. Sumber foto: pexels.com/Lisa Fotios.

Selain itu, kunci agar puasa tidak terasa terlalu haus dengan memastikan asupan cairan terpenuhi.

"Pastikan delapan gelas air terpenuhi sejak buka hingga sahur," pesan dokter yang juga pengajar Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Soal asupan cairan, biar lebih mudah, kata Diana, ingat rumus 2-4-2. Jadi, pastikan saat sahur minum minimal dua gelas air, lalu saat berbuka hingga malam minum empat gelas air, kemudian sebelum tidur minum lagi dua gelas air agar tubuh terhidrasi.

Jika minum dalam jumlah banyak saat sahur atau berbuka tidak terlalu masalah. Kelebihan cairan yang masuk ke tubuh itu akan dikeluarkan lewat urine.

Hindari Minum Kopi Saat Sahur

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Salah satu kunci agar tidak terlalu haus saat menjalankan puasa adalah tidak minum kopi saat sahur seperti disarankan ahli gizi Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah.

"Sebagian orang ada yang sensitif, jada gampang buang air kecil usai minum kopi," kata Hardinsyah beberapa waktu lalu.

Jika memang suka minum kopi, lakukan usai berbuka. Namun, batasi agar tidak mengganggu jadwal tidur nanti malam.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menghilang dari Program Sahur, ke Mana Andre Taulany?

Posted: 07 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa pekan terakhir, Andre Taulany ditimpa berbagai masalah yang cukup sensitif. Pertama, istrinya dipolisikan karena dianggap telah menghina Capres nomor 02, Prabowo Subianto.

Tak lama setelahnya, giliran Andre Taulany yang dianggap melakukan penghinaan. Ia dinilai telah menghina dua ulama terkenal, Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad.

Kala itu, Andre Taulany membuat guyonan merek sepatu dengan kata Adisomad. Kata tersebut diduga merupakan gabungan nama Ustaz Adi Hidayat dan Ustaz Abdul Somad.

Saat ini, persoalan tersebut telah selesai. Andre Taulany secara langsung menyampaikan permohonan maaf pada Ustaz Adi Hidayat dan sang ulama pun dengan senang hati memaafkannya.

Terakhir, Andre Taulany bahkan dianggap telah menghina Nabi Muhammad. Dalam acara Ini Talk Show yang tayang dua tahun lalu, Andre sempat melempar guyonan tentang tubuh Rasulullah.

Tak ingin masalah kian larut, Andre Taulany menyambangi kantor Majelis Ulama Indonesia untuk meminta maaf. Dan pihak MUI pun menerima dengan baik permohonan maaf mantan vokalis Stinky tersebut.

Menghilang

Andre Taulany memberikan keterangan pers terkait  ucapannya di sebuah stasiun televisi yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW di kantor MUI, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). Andre meminta masyarakat untuk membuka pintu maaf atas kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Di tengah polemik ini, Andre Taulany rupanya tak terlihat dalam acara yang biasa dipandunya bersama Sule, Ini Talk Show Sahur. Berbagai pertanyaan mengenai keberadaan Andre pun muncul.

Salah satunya mengenai dugaan Andre Taulany dipecat dari program tersebut. Namun hingga kini, belum diketahui pasti penyebab absennya Andre di program sahur tersebut.

Kabarnya, Andre sengaja diistirahatkan pihak televisi agar dapat menyelesaikan persoalan hukum yang tengah menjeratnya. Seperti diketahui, akibat dugaan menghina Nabi Muhammad, Andre dilaporkan ke polisi oleh PA 212 ke Bareskrim Polri.

Penggemar Kehilangan

Andre Taulany dan Sule

Namun yang pasti ketidakhadiran Andre Taulany membuat sejumlah pemirsa setia program acara itu merasa kehilangan. Mereka berharap agar Andre segera kembali.

"Kang sule kl suruh nglawak tanpa kang andre itu ibarat mau bikin teh manis tp gulanya g ada.. Hhhh.. G jd minum teh manis deh. Udah terlanjur nyatu jiwanya," kata @kiky_miratuzzakiyah

"Males tanpa @andreastaulany ..sule kurang greger sendirian," imbuh pengguna akun Instagram @h.Ngel9.

"Kembalikan Andrekuuuu," tambah warganet yang lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nilai Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Tunggu Keputusan Bersama

Posted: 07 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan akan menurunkan tarif batas atas tiket pesawat dalam waktu dekat. Namun waktu penurunan tersebut masih belum diputuskan karena menunggu keputusan bersama dengan Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian.

Budi Karya menjelaskan, penurunan tarif batas atas tiket pesawat sudah dibahas dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dari pembahasan tersebut sudah bisa dipastikan bahwa pemerintah akan menurunkan batas atasnya.

"Kenaikan harga tiket pesawat kan sudah kita bahas berkali-kali. Diusahakan maskapai menurunkan tarif tetapi kan tidak diturunkan karna berkaitan dengan jumlah pendudukan," terangnya di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

"Selama ini harga terjangkau tidak ada, maka Pak Menko undang saya untuk membahas. Dalam pembahasan disimpulkan satu-satunya cara menurunkan harga ialah menurunkan tarif batas atas," tambah dia.

Budi Karya pun berjanji, bahwa tarif batas atas tiket pesawat pasti akan turun. Namun besaran penurunan masih menunggu keputusan bersama dengan Kemenko.

"Minggu ini saya akan lakukan pembahasan dan dasar-dasar laporan kepada Menko pada hari senin. Kalau besarnya (penurunan) masih saya tunggu, tapi kalau diturunkan itu pasti," kata dia.

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Diturunkan

Ilustrasi pesawat (iStock)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberikan waktu satu minggu untuk menurunkan harga tiket pesawat yang sampai saat ini dinilai masih cukup tinggi. Keputusan ini merupakan hasil rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution.

Usai rapat di kantor Darmin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan hal yang dibahas dalam rapat tersebut adalah terkait penurunan tarif batas atas.

"Kita akan evaluasi batas atas. Saya diberi waktu satu minggu akan menetapkan batas atas baru untuk penerbangan ekonomi," kata Menhub Budi di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Dia menyebutkan penurunan tarif batas atas berlaku untuk maskapai Low Cost Carrier (LCC) serta maskapai full service.

Meski tidak diperbolehkan melakukan intervensi harga tiket, dia menjelaskan bahwa pemerintah dalam hal ini Kemenhub berhak mengatur tarif batas atas dan tarif batas bawah.

"Jadi dalam UU itu disebutkan kemenhub dapat menentukan batas atas dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat, ada di pasal 127," ujarnya.

Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adalah daya beli masyarakat. Diharapkan dengan adanya penurunan tarif batas atas, harga tiket pesawat yang saat ini berlaku dapat berangsur turun.

"Kalau batas atas saya tetapkan 85 persen atau 80 persen, artinya penerbangan yang full service itu hanya bisa menetapkan 85 persen (paling mahalnya), dan dalam persaingan biasanya penerbangan yang lain itu menetapkan lebih rendah dari itu (tarif batas atas), jadi paling tidak ada satu penurunan dari situ," jelasnya.

Harga Tiket Pesawat Mahal, Penumpang di Bandara AP I Anjlok

Bandara I Ngurah Rai Bali (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Mahalnya harga tiket pesawat membuat jumlah penumpang di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) menurun. Saat ini AP I mengelola 13 bandara yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan dalam tiga bulan pertama di 2019, terjadi penurunan 3,5 juta penumpang jika dibandingkan periode yang sama di 2018. Sedangkan secara total di tahun lalu, jumlah penumpang di 13 bandara Angkasa Pura I mencapai 96 juta penumpang.

‎"Yang jelas 3 bulan pertama itu, kuartal I itu, angka saya sekitar dari sisi pax itu yang kita laporkan sekitar 3,5 juta dropnya dari 2018. Itu seluruh bandara, 13 airport turun sekitar 3,5 juta," ujar dia di Yogyakarta, Selasa (7/5/2019). 

Selain itu, dalam tiga bulan terakhir juga ada 35 ribu penerbangan yang telah terjadwal namun batal atau tidak menggunakan slot penerbangan yang telah didapatkan.

"Nah ini data masih kita kompilasi terus. nah kalau total penerbangan 35 ribu yang tidak flight dalam 3 bulan‎. Antara batal terbang, atau tidak operasi karena batal atau menang slot itu tidak digunakan, tetapi ada peruntukannya," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions Ajax Vs Tottenham: Siaran Langsung Televisi

Posted: 07 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Amsterdam - Liverpool telah memastikan satu tiket ke final Liga Champions. Satu tempat tersisa akan diperebutkan oleh Ajax Amsterdam dan Tottenham Hotspur.

Pada Rabu (8/5/2019) atau Kamis dini hari WIB, Ajax Amsterdam akan menjamu Tottenham Hotspur di Johan Cruijff Arena pada leg kedua semifinal Liga Champions. Ajax sudah unggul agregat 1-0.

Di atas kertas, Ajax lebih diunggulkan. Sebab, dalam tujuh pertandingan kandang, mereka tak terkalahkan. Ajax mencatatkan enam kemenangan dan sekali imbang.

Sementara Tottenham Hotspur berada dalam performa yang menurun. Dari enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, Spurs hanya menelan lima kekalahan, hanya sekali meraih kemenangan.

Lihat jadwal pertandingan Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur pada leg kedua semifinal Liga Champions di halaman berikut.

Jadwal Liga Champions

Kamis (9/5/2019)

Pukul: 02.00 WIB

Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur

Venue: Johan Cruijff Arena

Live di RCTI

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korlantas Polri Petakan Jadwal Operasi Ketupat dan Puncak Arus Mudik Ramadan

Posted: 07 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Korlantas Polri terus mempetakan jadwal operasi ketupat yang biasa digelar selama bulan Ramadan. Hal itu juga sebagai bentuk pengawalan terhadap pengguna jalan di masa arus mudik dan balik nanti.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyampaikan, pemerintah sendiri telah menetapkan hari libur nasional yakni tanggal 30 Mei, 1 Juni, serta 5 dan 6 Juni sebagai Hari Raya Idul Fitri. Kemudian cuti bersama di tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019.

"Operasi Ketupat tahun 2019 yang rencananya akan berlangsung selama 11 hari, tetapi usulan kita sebisa mungkin akan berlangsung selama 13 hari," tutur Refdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Menurut Refdi, rencananya pengenalan sekaligus latihan pelaksanaan Operasi Ketupat akan dilaksanakan pada 27 Mei 2019.

"Tanggal 29 Mei itu sudah setting lapangan, sampai nanti tanggal 10 Juni selesai Hari Raya keempat atau H+4," jelas dia.

Lebih lanjut, Korlantas Polri melihat berdasarkan pengalaman setiap tahunnya bahwa volume kendaraan dan pergerakan arus mudik serta arus balik meningkat pada H-3 Lebaran dan H+3 setelahnya.

"Artinya di tanggal 31 Mei, kemudian tanggal 1 dan 2 Juni adalah menjadi atensi kami semua perangkat-perangkat operasi, demikian juga pada saat baliknya tanggal 9, 8, dan 7 Juni adalah juga menjadi atensi kami. Syukur-syukur di tanggal 10 itu semua yang bekerja sudah bisa masuk bekerja," Refdi menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Niat Mulia, Raja di Negara Ini Justru Pilih Jadi Tukang Kebun

Posted: 07 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, seorang raja adalah pemimpin tertinggi dari sebuah wilayah yang harus dihormati oleh rakyatnya. Tugas raja pun tergolong tidak mudah. Raja harus bisa mengatur kehidupan masyarakat agar selalu rukun, menjaga masyarakat dan membantu masyarakat yang kesulitan, bertanggung jawab dan membuat rakyat menjadi maju.

 

Namun, apa jadinya jika seorang raja justru memilih jadi perantauan dan menekuni profesi sebagai tukang kebun? Hal dilakukan oleh seorang raja yang bernama Eric Manu. Seperti yang Liputan6.com lansir dari The Washington Post, Rabu (8/5/2019) Eric Manu yang menjadi seorang raja dari suku Afrika Barat, memilih untuk hijrah dari negeri asalnya menuju Kanada untuk melanjutkan pekerjaannya sebagai tukang kebun.

Menariknya, ada sebuah tujuan mulia yang terselip dari keputusan sang raja tersebut. Eric dinobatkan menjadi seorang raja ketika sang paman yang bernama Dat, meninggal dunia tahun lalu.

Sebelumnya, pria tersebut tinggal di Kanada selama tiga tahun bersama istri dan seorang putranya. Alhasil, pemberian gelar bangsawan tersebut membuatnya harus kembali ke Ghana Selatan untuk mengambil hak kelahirannya. Eric pun resmi dinobatkan sebagai raja.

Alasan Menjadi Tukang Kebun

Setelah disahkan sebagai raja menggantikan sang paman, Eric justru mengambil sebuah keputusan besar. Bukan tinggal bersama warganya di Desa Adansi Aboabo, ia memilih untuk kembali ke Amerika Utara dan melanjutkan pekerjannya sebagai tukang kebun di sebuah konsultan pertamanan yang bernama Landscape Consultant.

Dalam sebuah video berjudul The West African King in Canada yang diunggah oleh akun YouTube Great Big Story, Eric tampak terlihat bekerja keras sebagai karyawan biasa meski dirinya berstatus sebagai seorang raja. Meski merantau ke negeri seberang sebagai tukang kebun, Eric ternyata tidak lupa pada statusnya sebagai raja dari masyarakat desa Adansi Aboabo.

Eric rupanya memiliki misi yang mulia. Di mana ia bekerja keras di Kanada bukan untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk rakyat di tanah kelahirannya. Rencananya, uang dari hasil keringatnya itu akan diinvestasikan demi meningkatkan layanan kesehatan dengan mendistribusikan aneka peralatan di desa Adansi Aboabo. Salah satunya lewat pendirian sebuah yayasan bernama to The Moon and Black.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Barunya Berhadapan dengan Aladdin, Putri Ayudya Tak Khawatir

Posted: 07 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak seperti biasanya, sejumlah film Indonesia dirilis sepanjang Ramadan tahun ini. Salah satunya, Down Swan yang dibintangi Ariyo Wahab dan Putri Ayudya. Down Swan dirilis mulai Kamis, 23 Mei 2019. Masalahnya, bulan ini sejumlah film musik panas Hollywood mendarat di Indonesia.

Kedatangan film musim panas ditandai dengan Avengers: Endgame yang pada pekan pertama penayangan mengusai 1.400 layar bioskop Indonesia. Tak sampai seminggu setelah Down Swan tayang, Aladdin dari Walt Disney menggebrak bioskop.

Menanggapi fakta ini, Putri Ayudya tidak khawatir. "Beberapa hari setelah Down Swan tayang, Aladdin beredar di bioskop. Belum lagi sisa-sisa penayangan Avengers: Endgame dan John Wick 3. Banyak yang bilang, jumlah penonton bioskop sepanjang Ramadan cenderung menurun, tapi saya optimistis," beber Putri Ayudya kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Selasa (7/5/2019).

Menurut Putri Ayudya, Ramadan momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Sambil ngabuburit, menantikan waktu berbuka, bisa saja mengajak seluruh anggota keluarga menonton film.

"Saya pikir Down Swan bisa dijadikan alternatif hiburan yang aman ditonton saat Ramadan mengingat film ini lulus sensor untuk semua umur," sambung Putri Ayudya.

Tak Pede atau Strategi?

Putri Ayudya (Foto: Instagram)

Bintang film Kafir: Bersekutu Dengan Setan ini mengakui, beberapa produser memilih mengundurkan jadwal tayang film mereka daripada berhadapan dengan film musim panas Hollywood atau beredar saat Ramadan. Menurut Putri Ayudya, langkah para produser ini mencerminkan dua hal, yakni tidak percaya diri atau strategi mendulang penonton.

Tak Perlu Menghindar

(Adrian Putra/Bintang.com)

"Ada yang tidak percaya diri lalu memindahkan tanggal rilis. Ada pula yang mengganti tanggal rilis karena punya strategi baru untuk mempromosikan film. Itu wajar. Saya hanya mengingatkan bahwa setiap bulan selalu ada film Hollywood baru dengan biaya produksi besar. Jadi tak perlu menghindari, kuncinya meningkatkan kualitas produksi dan giat berpromosi agar masyarakat ngeuh dengan film kita," pungkas Putri Ayudya. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Padu Padan Hijab Instan yang Cocok Untuk Momen Buka Bersama

Posted: 07 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fashion hijab di Indonesia sudah semakin beragam dan mengikuti setiap perkembangan tren yang ada. Bahkan, beberapa desainer sudah mengeluarkan berbagai model hijab.

Ada hijab pashmina, segi empat, sampai hijab instan. Melihat dari poin terakhir, hijab instan merupakan salah satu jenis hijab yang mudah dan tidak ribet saat digunakan.

Bahkan, hijab instan ini juga memiliki banyak penggemar karena modelnya beragam dan penggunaannya yang tidak memerlukan pentul ataupun peniti.

Pilihan model hijab instan yang beragam sehingga mudah untuk ditata di berbagai gaya. Ingin tahu padu padan yang cocok hijab instan yang bisa dipakai saat momen buka bersama nanti? Simak selengkapnya di channel SCTV di Vidio.com berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa Indonesia Turun Jadi USD 124,3 Miliar di Akhir April 2019

Posted: 07 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2019 sebesar USD 124,3 miliar, turun tipis dibandingkan dengan posisi pada akhir Maret 2019 sebesar USD 124,5 miliar.

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," jelas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5/2019).

Ia melanjutkan, BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Posisi cadangan devisa pada April 2019 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa, penerimaan valas lainnya, dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik.

Kenaikan Utang Luar Negeri Swasta

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, BI memperkirakan utang luar negeri swasta masih akan mengalami peningkatan dalam beberapa waktu ke depan. Hal ini didorong oleh ekspansi yang dilakukan oleh korporasi di dalam negeri sehingga membutuhkan dana dalam jumlah besar.

Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Retno Ponco Windarti mengatakan, dana pihak ketiga (DPK) perbankan dalam negeri yang tumbuh tipis membuat pihak swasta mencari alternatif pendanaan untuk ekspansi bisnisnya. Salah satu alternatif tersebut yaitu melalui utang luar negeri.

"Bisa jadi peluang terhadap penggunaan sumber pendanaan luar negeri meningkat. Karena prospek ke depan masih baik," ujar dia di Kantor BI, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

Namun demikian, Retno memastikan jika peningkatan utang luar negeri swasta ini masih relatif aman. Terlebih saat ini pihak swasta mulai melakukan kewajiban lindung nilai (hedging).

"Kemampuan bayar utang masih cukup. Risiko masih tetap terjaga. Kita butuh pendanaan sektor eksternal selama masih produktif dan masih dalam indikator aman. Rasanya tidak perlu ada kekhawatiran. Kita akan monitor perkembangannya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Periksa Marcus Mekeng dalam Kasus Korupsi E-KTP

Posted: 07 May 2019 09:31 PM PDT

Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Melchias Markus Mekeng (kanan) berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019). Melchias Marcus Mekeng diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Melchias Markus Mekeng (kanan) berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019). Melchias Marcus Mekeng diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng (kanan) berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019). Melchias Marcus Mekeng diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Melchias Marcus Mekeng (kanan) berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019). Melchias Marcus Mekeng diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Melchias Markus Mekeng (kanan) berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019). Melchias Marcus Mekeng diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR, Melchias Markus Mekeng (kanan) berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Rabu (8/5/2019). Melchias Marcus Mekeng diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi e-KTP dengan tersangka Markus Nari. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Imbauan Untuk Menyucikan Diri Ala Netizen Ini Bikin Senyum Tipis

Posted: 07 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas netizen memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada topik bahasan yang dibalas. Kali ini yang sedang ramai ialah topik tentang puasa Ramadan. Banyak sekali bahasan tentang Ramadan yang menjadi viral akhir-akhir ini.

Salah satu yang viral akhir-akhir ini ialah cuitan netizen di media sosial Twitter. Curhatan netizen tentang Ramadan banyak sekali, dan yang viral akhir-akhir ini ialah tentang 'Mari Sucikan Diri'. Banyak yang terlibat dalam curhatan mari sucikan diri ini.

Cuitan dalam bentuk imbauan ini dikemas netizen dengan sangat mengena, sehingga akan membuat siapa saja yang membacanya akan tersenyum kecut. Mari sucikan diri adalah imbauan netizen yang berharap agar dalam ramadan ini, diri senantiasa suci.

Berikut telah dirangkum Liputan6.com, Rabu (8/5/2019) dari berbagai akun Twitter tentang cuitan-cuitan mari sucikan diri.

1. Bersihkan history chat

5 Imbauan Mari Sucikan Diri Ala Netizen Ini Bikin Senyum Tipis (sumber: twitter.com/heybudie)

Cara terefektif untuk menyucikan diri ialah dengan tidak mengingat-ingat kenangan bersama si dia. Dan cara netizen di atas sungguh menggelitik karena kamu harus hapus foto si dia di galerimu serta history chatnya dibersihkan. Cara tersebut terbilang efektif, karena untuk apa kenangan dilihat lagi, toh semuanya tidak akan terulang lagi.

2. Move on dari mantan doi

5 Imbauan Mari Sucikan Diri Ala Netizen Ini Bikin Senyum Tipis (sumber: twitter.com/pramitha_i)

Mantan memang menjadi mahkluk yang susah dilupakan oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan kenangan yang sangat banyak saat sedang bersama. Hal tersebut juga diimbau oleh netizen di atas agar move on dari mantan si doi. Mungkin maksud netizen di atas, berhentilah bertingkah seperti mantannya doi. Sudah saatnya menjadi diri sendiri, tidak perlu terbebani dengan mantan si doi.

3. Chatinggan sama si Suci

5 Imbauan Mari Sucikan Diri Ala Netizen Ini Bikin Senyum Tipis (sumber: twitter.com/heybudie)

Kalau imbauan di atas sungguh konyol. Bagaimana tidak, cara sucikan diri ialah dengan chatting dengan orang bernama Suci. Ya memang tidak salah, tapi kasihan Suci dong harus banyak yang ngechat hanya untuk menyucikan diri.

4. Mencari yang baru

5 Imbauan Mari Sucikan Diri Ala Netizen Ini Bikin Senyum Tipis (sumber: twitter.com/dokp_979)

Imbauan yang konyol lagi juga ditunjukan oleh netizen di atas. Menurut netizen di atas, mencari yang baru dan meninggalkan yang lama adalah cara terbaik untuk sucikan diri. Sungguh pandai sekali netizen di atas untuk move on. Luar biasa memang netizen di atas.

5. Perbanyak ibadah

5 Imbauan Mari Sucikan Diri Ala Netizen Ini Bikin Senyum Tipis (sumber: twitter.com/luckymulito)

Nah, untuk imbauan paling benar tentang sucikan diri di bulan ramadan ialah cuitan netizen di atas. Netizen di atas mengimbau agar meninggalkan hal enggak perlu dan mulai perbanyak ibadah, Ya, dengan ibadah, diri kamu akan suci. Sangat bijaksana apa yang disampaikan netizen di atas.

Itulah 5 cuitan tentang mari sucikan diri. Menurut kamu, mana imbauan yang perlu dilakukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: