Kamis, 02 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Wizzy Kembali Isi Soundtrack Si Doel The Movie 2

Posted: 02 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Wizzy Williana kembali dipercaya untuk mengisi soundtrack film Si Doel The Movie 2. Di Film sebelumnya, Wizzy juga menyanyikan soundtrack film yang berlatar belakang kisah cinta segitiga antara Si Doel, Sarah dan Zaenab. 

Wizzy memang tidak menyangka ketika dirinya kembali dipilih Rano Karno. Dengan kesempatan ini, dirinya pun merasa tertantang untuk bisa memberikan yang terbaik.

"Saya sudah pasti senang kembali diberi kepercayaan mengisi soundtrack Si Doel The Movie 2. Buat saya ini tantangan baru kembali dipercaya," ujar Wizzy Williana saat ditemui di perkenalan soundtrack Si Doel The Movie 2 di RBoJ Cafe, Buncit Raya, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2019).

Dalam film pertamanya, Wizzy menyanyikan lagu Selamat Jalan Kekasih. Sedangkan di film keduanya ini, Wizzy menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh Reza Artamevia berjudul "Kepastian".

 

Kesulitan

Preskon film Si Doel The Movie (Bambang E. Ros/bintang.com)

Kedua lagu tersebut sama-sama diciptakan oleh Bebi Romeo. Lirik lagu-lagu itu bernada sedih dan iramanya ballad dengan iringan orkestra dan piano. 

"Kesulitannya hanya karena lagu itu ciptaan Mas Bebi Romeo. Semua lagu ciptaan Mas Bebi itu sulit sekali nada-nadanya," kata Wizzy Williana.

Pemilihan

Wizzy tampil dalam peluncuran album kompilasi Story Of A Broken Heart. (Faizal Fanani)

Pemilihan Wizzy diakui oleh Rano Karno karena salah satu alasannya adalah untuk menggaet penonton film dari generasi milenial. 

"Saya sudah memantau Wizzy Williana sejak tampil di ajang pencarian bakat Mamamia Show dulu. Begitu ketemu saat penggarapan film Si Doel pertama, saya tawari Wizzy menyanyikan soundtrack lagunya dan berlanjut hingga film Si Doel kedua ini," kata Rano Karno.

Si Doel The Movie 2 dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai 4 Juni 2019 atau saat Lebaran Idhul Fitri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cut Meyriska Ingin Roger Danuarta Tahu Islam Lewat Mengaji

Posted: 02 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris cantik Cut Meyriska bertandang ke kediaman Ria Ricis dan mengklarifikasi soal hubungannya dengan Roger Danuarta. Wanita 25 tahun itu mengaku tak pernah ingin Roger berpindah agama hanya untuknya.

"Aku enggak pernah mau dia pindah (agama) karena aku. Kalau misalkan dia pindah (agama) buat aku, maksudnya buat nikah, mungkin kita sudah menikah saat ini," ujar Cut Meyriska, dalam tayangan saluran Ricis Official, Senin (4/3/2019).

Cut Meyriska menjelaskan bahwa sejak tiga tahun lalu, Roger Danuarta sudah memiliki keinginan untuk berpindah agama Islam. Roger baru mendapat restu dari orangtuanya dan telah resmi menjadi seorang mualaf pada tahun 2018 lalu.

"Keinginan dia buat menjadi muslim itu sudah sekitar tiga tahun yang lalu. Tapi, dia memang harus meminta izin dulu kepada orangtuanya. Dan baru direstui sama orang tua untuk dia pindah muslim baru tahun kemarin," sambung Cut Meyriska.

Saat ini, Cut Meyriska memberikan waktu untuk Roger Danuarta belajar mengaji dan mendalami ilmu agama serta menjadi imam yang baik untuk calon istrinya kelak. PesinetronAnak Langit itu pun tak menutup kemungkinan dirinya akan bersatu dengan Roger.

"Biarlah dia mengaji dulu, biarlah dia tahu islam itu seperti apa. Kalau kira-kira itu memang jodoh, memang cocok, memang bisa jadi imam yang baik, kenapa enggak," imbuhnya.

Cut Meyriska pun ingin Roger Danuarta lebih fasih daripada dirinya dalam melantunkan ayat Alquran.

"Harus sama-sama belajar dulu. Dia belajar, aku juga belajar. Nanti kalau misalkan aku enggak bisa mengaji, siapa yang mengajari? Jadi, dia harus lebih jago dari pada aku," ucap Cut Meyriska. (Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Beberkan Tantangan Industri BPR Saat Ini

Posted: 02 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan berbagai tantangan industri Bank Perkreditan Rakyat (BPR) saat ini. Salah satu tantangan adalah arus dari perkembangan teknologi yang kemudian membawa pada kecepatan informasi.

Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR, Ayahandayani mengatakan, dengan adanya perkembangan teknologi berdampak pada kebutuhan layanan perbankan khususnya BPR. Sebab, masyarakat kini sudah dimudahkan dengan internet. Melalui internet, beragam informasi dapat diakses mudah.

"Sekarang masyarakat bisa menggunakan handpone internet sehingga menuntut layanan lebih cepat. Semua langsung bisa dipegang dengan handpone bisa melakukan transaksi. Pola belanja berubah e-commerce. Sehingga BPR mau tidak mau menghadapi tantangan dengan perkembangan teknologi saat ini," katanya dalam acara Pelatihan dan Gathering Media Massa Jakarta, di Bandung, Jumat (3/5/2019).

Dia mengatakan, dengan pola perubahan tersebut kemudian mengharuskan BPR untuk mengimbangi dengan perkembangan teknologi yang ada. Karena, dari pelayanan yang sebelumnya masih dilakukan secara tatap muka kini sudah harus mulai dirubah.

"Dulu dengan hubungan pendekatan baik tapi harus diimbangi dengan perkembangan teknologi. BPR harus menyadari pola perilaku kebutuhan masyarakat sudah mulai berubah,"

Ayahandayani menyebut upaya yang dilakukan adalah bagaimana BPR saat ini harus mampu mengantisipasi kebutuhan masyarakat yang menginginkan layanan cepat. Untuk itu perlu adanya inovasi dan mulai sadar akan teknologi informasi.

Di samping itu, menjadi tantangan selanjutnya adalah masalah persaingan dengan lembaga keuangan lainnya. Menurut dia, adanya ketentuan Bank Umum untuk penyaluran kredit kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi irisan pasar dengan BPR.

"Selanjutnya Kredit Usaha Rakat (KUR) beririsan dengan pasarnya BPR. Ada program seperti lembaga pemerintah CSR atau BUMN memberikan kredit UMKM jadi pesaing BPR. Kondisi ini dan teknonologi jadi tantangan BPR bagaimana mereka tetap tumbuh memberikan layanan di tengah persaingan ketat saat ini," pungkasnya

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

OJK Catat Sebaran BPR 1.597 Unit, Terbanyak di Jawa dan Bali

Petugas saat bertugas  di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) hingga periode Januari 2019 telah mencapai sebanyak 1.597 BPR. Jumlah tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR, Ayahandayani mengatakan, dari 1.597 BPR tersebut sebanyak 69 persen atau 1.102 BPR penyebarannya masih berpusat di Pulau Jawa dan Bali. Sedangkan sisanya 31 persen atau sebesar 495 berada di luar Jawa dan Bali.

"Kondisi ini sudah mulai baik. Dahulu di atas 80 persen di Jawa dan Bali, karena adanya kebijakan otoritas maka meluas di luar Jawa Bali," ujar dia dalam acara Pelatihan dan Gathering Media Massa Jakarta, di Bandung, Jumat (3/5/2019).

Ayahandayani mengatakan, berdasarkan klasifikasi modal inti dari sebaran BPR tersebut cenderung terkonsentrasi pada kelas BPRKU 1. Modal inti dari BPR ini kurang dari Rp 15 miliar atau paling sedikit sekitar Rp 6 miliar.

"BPRKU1 sebagian besar BPR ada di sana semua di bawah Rp 15 miliar. 722 BPR separuhnya masih memiliki modal inti di bawah Rp 6 miliar," ujar dia.

Di samping itu, perkembangan kinerja industri BPR juga menunjukan tren positif. Secara aset pada pada periode Januari tumbuh 7,69 persen secara year on year (yoy) atau sebesar Rp 135,5 miliar.

Kemudian dana pihak ketiga juga mengalami pertumbuhan sebesar 8,59 persen secara (yoy) atau sekitar Rp 92,5 miliar. Pertumbuhan ini juga diikuti kredit yang sebesar 10,19 persen secara (yoy) atau Rp 98,6 miliar.

"BPR tetap mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2013 sampai 2018 agak sedikit melandai karena ada persaingan di tahun 2017-2018" pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

OJK Cabut Izin Usaha BPR Sinarem

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sinarenam Permai Jatiasih. BPR ini beralamat di Komplek Grand Bekasi Centre Blok A Nomor 15, Jalan Cut Meutia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pencabutan izin usaha BPR Sinarenam Permai Jatiasih dikeluarkan melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner (KADK) NomorKEP-186/D.03/2018 pada 8 November 2018.

"Pencabutan Izin Usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Sinarenam Permai Jatiasih, terhitung sejak 8 November2018," jelas Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Sarwono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 8 November 2018.

Sebelumnya, sesuai dengan POJK Nomor 19/POJK.03/2017 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 56/SEOJK.03/2017 yaitu tentang Penetapan Status dan Tindak Lanjut Pengawasan BPR dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, BPR Sinarenam Permai Jatiasih sejak 25 Juli 2018.

BPR ini telah ditetapkan menjadi status Dalam Pengawasan Khusus (BDPK) karena rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) yang kurang dari 0 persen.

Penetapan status BDPK tersebut disebabkan lemahnya pengelolaan manajemen BPR yang tidak memperhatikan prinsip kehati-hatian dan pemenuhan asas perbankan yang sehat.

Status tersebut ditetapkan dengan tujuan agar pengurus atau pemegang saham melakukan upaya penyehatan.

Namun, sampai batas waktu yang ditentukan, upaya penyehatan yang dilakukan pengurus atau pemegang saham untuk keluar dari status BDPK dan BPR dapat beroperasi secara normal dengan rasio KPMM paling kurang sebesar 8 persen, tidak terealisasi.

"Mempertimbangkan kondisi keuangan BPR yang semakin memburuk dan pernyataan ketidaksediaan dari Pemegang Saham dalam menyehatkan BPR tersebut serta menunjuk Pasal 38POJK di atas, maka OJK mencabut izin usaha BPR tersebut setelah memperoleh pemberitahuan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," jelas Sarwono.

Dengan pencabutan izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Sinarenam Permai Jatiasih, selanjutnya LPS akan menjalankan fungsi penjaminan dan melakukan proses likuidasi sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 Tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009.

"OJK menghimbau nasabah PT Bank Perkreditan Rakyat Sinarenam Permai Jatiasih agar tetap tenang karena dana masyarakat di perbankan termasuk BPR dijamin LPS sesuai ketentuan yang berlaku," dia menandaskan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Drake Borong 12 Penghargaan Billboard Music Awards 2019

Posted: 02 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Drake memborong 12 penghargaan Billboard Music Awards 2019. Salah satunya adalah penghargaan bergengsi Top Artist dan Top Rap Artist.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus vs Torino: Bianconeri Kehilangan Tujuh Pemain

Posted: 02 May 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Kabar buruk mendera Juventusjelang duel sengit lawan Torino, dini hari WIB nanti di Allianz Stadion. Dalam laga yang dikenal dengan sebutan Derby dell Mole ini, I Bianconeri dipastikan kehilangan tujuh pemainnya.

Penyebab mereka, rata-rata sama, cedera. Terakhir dua pemain: Alex Sandro dan Daniele Rugani mengalami cedera. Keduanya dipastikan tak bisa tampil di laga ini.

Sebelumnya, Juventus juga sudah kehilangan Mattia Perin, Sami Khedira, Paulo Dybala, Douglas Costa, dan penyerang Mario Mandzukic. Kelima pemain sudah terlebih dahulu masuk meja perawatan lantaran cedera.

Kabar baiknya, di pertandingan di giornata ke-35 ini, Juventus sudah bisa kembali diperkuat bek Martin Caceres. Pemain asal Spanyol itu sebelumnya absen di beberapa laga lantaran cedera otot.

Laga Gengsi

Daniele Rugani. (AFP/Filippo Monteforte)

Sebelumnya, hasil di pertandingan ini sudah tak berpengaruh lagi bagi poin Juventus. Pasalnya mereka sudah memastikan diri sebagai juara musim ini, dan itu untuk yang kedelapan kalinya berturut-turut.

Namun, laga ini tetap penting bagi Juventus untuk menjaga pamor mereka sebagai juara musim ini. Apalagi yang dihadapi adalah Torino rival sekota mereka di Turin. Sudah begitu, Juventus akan bermain di kandang sendiri, di hadapan suporter sendiri.

Berikut skuat Juventus untuk laga lawan Torino.

Skuat Juventus vs Torino

Kiper: Szczesny, Pinsoglio, Del Favero

Belakang: De Sciglio, Chiellini, Caceres, Barzagli, Bonucci, Cancelo, Spinazzola

Tengah: Pjanic, Matuidi, Emre Can, Matheus, Nicolussi Caviglia

Depan: Ronaldo, Cuadrado, Kean, Bernardeschi

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Menterinya Jaga Ketersediaan Bahan Pokok dan Moda Transportasi Jelang Ramadan

Posted: 02 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menterinya untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan-bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin ratas dengan topik 'Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1440H' di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (3/5/3019).

"Yang berkaitan dengan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok yang dibutuhkan rakyat. Betul-betul harus terus kita jaga," ujar Jokowi.

Kendati ratas tersebut rutin dilakukan setiap tahunnya, Jokowi tetap mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan dengan detail. Terutama yang berkaitan dengan manajemen lapangan.

"Manajemen lapangan harus lebih terpadu, lebih terkoordinasi dari pusat maupun di daerah," ucap dia.

Selain itu, Jokowi juga meminta kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk mudik Lebaran. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) pun perlu disiapkan di sepanjang jalur mudik.

Dia menuturkan, saat ini jalan Tol Trans Jawa telah tersambung dari Merak hingga Probolinggo. Menurutnya, keberadaan tol tersebut sangat membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman saat perayaan Idul Fitri.

"Juga di Sumatera, Tol Trans Sumatera juga beberapa ruas dari Bakauheni mungkin sampai Palembang juga sudah tersambung sehingga ini juga akan memperlancar arus mudik antar wilayah di Sumatera," jelas Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalan dengan Ratu Suthida, Pengawal Pribadi yang Dipersunting Raja Thailand

Posted: 02 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Suthida Tidjai, perempuan yang baru saja dipinang Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, pada Rabu, 1 Mei 2019. Bukan figur asing sebenarnya lantaran Ratu Suthida cukup lama menjadi pengawal pribadi sang raja dan sering menghadiri acara publik bersama.

Dilansir dari Associated Press, Jumat (3/5/2019), perempuan yang lahir pada 3 Juni 1978 ini dulunya merupakan pramugari Thai Airways. Disebutkan bahwa Raja Thailand pertama kali bertemu Ratu Suthida di sebuah penerbangan.

Berdasarkan surat kabar lokal seperti dilansir dari Channel News Asia, Jumat (3/5/2019), Ratu Suthida merupakan lulusan universitas private di Bangkok, Assumption University, dengan gelar Sarjana Komunikasi pada 2000.

Selama jadi pengawal pribadi, perempuan 40 tahun ini telah menerima setidaknya 20 penghargaan kerajaan. Pertama kali terjadi pada 2012 saat Raja Bhumibol Adulyadej menobatkan Order of the White Elephant untuk kejujuran, loyal, tanggung jawab, dedikasi, dan pengorbanan yang dilakukan Suthida.

Pada 2013, Ratu Suthida resmi menjadi jajaran tim khusus pengawal pangeran, sebelum ditetapkan sebagai deputy commander setahun setelahnya. Pengamat kerajaan dan beberapa media sudah pernah berspekulasi tentang hubungan asmara yang terjalin antara Ratu Suthida dan Raja Thailand.

Suthida resmi berada di jajaran Royal Thai Army pada 2016 setelah Maha Vajiralongkorn, ditetapkan sebagai Raja Thailand mengikuti situasi sang ayah meninggal dunia. Pada 2017, Suthida diberikan gelar kerajaan Thanpuying, yang berarti putri. 

Menikah Sebelum Penobatan Resmi

Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, dan Ratu Suthida menjalani prosesi pernikahan di Bangkok, Thailand. (THAI ROYAL HOUSEHOLD BUREAU / AFP)

Walau Ratu Suthida setidaknya tiga tahun terus terlihat di depan publik sebagai pengawal pribadi lelaki yang sekarang jadi Raja Thailand, terdapat kabar mengejutkan mengiringi pernikahan mereka.

Pernikahan keduanya berlangsung tiga hari sebelum sang raja secara resmi menerima mahkota pada Sabtu, 4 Mei 2019. Pernikahan yang telah berlangsung membuat Ratu Suthida diduga kuat bakal banyak terlibat dalam ceremony tersebut.

Salah satunya adalah penentuan gelar kerjaan berdasarkan tradisi menyambut anggota keluarga baru. Pernikahan ini merupakan kali keempat bagi Raja Thailand, di mana ia sudah memiliki tujuh anak dari pernikahan sebelumya.

Raja berusa 66 tahun ini diketahui menghabiskan banyak waktu di Jerman. Baru setelah ayahnya meninggal, lelaki yang juga dikenal dengan gelar King Rama X ini memangku jabatan sebagai Raja Thailand pada Oktober 2016.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hanya 45 Menit, Tagihan Parkir Pria Ini Tembus Rp32 Jutaan

Posted: 02 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Saat parkir di tempat parkir resmi, pengguna mobil biasanya sudah bisa membayangkan biaya yang harus dibayarkan. Terutama jika parkir tak sampai 1 jam, yang artinya tarif yang berlaku adalah tarif 1 jam pertama. Tapi hal mengagetkan dialami pemilik akun Facebook Supra Mac.

Lewat akun Facebook-nya itu, dia menunjukkan tarif parkir yang harus dia bayarkan. Dilansir World of Buzz, angka yang tertera bikin jantungan.

Pada foto yang diunggah Supra Mac 24 April lalu, yang diketahui sebagai sopir pengiriman di Singapura, tarif parkirnya mencapai SGD 3.158 atau lebih dari Rp 32 jutaan (Kurs SGD 1 = Rp 10.465).

Hal itu dia alami saat hendak keluar dari parkiran Jewel Bandara Changi, Singapura. Unggahannya itu lantas menjadi viral. Apalagi setelah tahu, bahwa waktu parkirnya tak lebih dari 45 menit saja.

 

 

 

Selanjutnya

Supra menjelaskan bahwa dia tak bisa keluar dari tempat parkir setelah melakukan pengiriman karena saldonya tak cukup. "Saya baru mengisi Cashcard saya tadi pagi. Ketika saya melihat jumlahnya, itu seperti lelucon," katanya.

Dia baru bisa meninggalkan tempat parkir tanpa membayar 15 menit kemudian, setelah menghubungi petugas Jewel lewat interkom. Menurutnya, tak ada yang bisa disalahkan dari insiden ini.

Sebab usut punya usut, catatan pada pintu keluar bandara, kunjungan Supra terakhir dilakukan pada 10 April. Rupanya, saat itu tak ada catatan pengemudi meninggalkan tempat parkir.

"Tak ada catatan pengemudi meninggalkan tempat parkir. Dan karena itu biaya parkir jadi membengkak sampai kunjungan berikutnya yang terjadi pada 24 Apri l," ujar juru bicara Devt Airport Changi Airport.

Soal hal ini, Supra mengatakan dia tak mengalami kendala saat keluar pada 10 April. Bahkan dia tak mengekori kendaraan lain.

Maka itu, juru bicara tersebut menyarankan untuk selalu menjaga jarak aman dari mobil di depan, sehingga sistem parkir bisa merekam.

 

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Polisi Mengajar Anak-Anak Pelosok Suku Tengger

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Probolinggo - Fandi Ahmad Habibi layak disebut sebagai pejuang pendidikan. Bagaimana tidak, polisi berpangkat Brigadir Polisi Kepala (Bripka) itu sudah belasan tahun lamanya mengajar di daerah terpencil Suku Tengger, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Di sela tugasnya menjaga keamanan dan ketertiban, Bripka Fandi Ahmad Habibi juga harus meluangkan waktu untuk mengajar siswa-siswa dari Suku Tengger. Ia bahkan rela melalui jalan yang terjal dan berliku setiap harinya demi mencapai lokasi yang terpencil tersebut.

"Ya enggak apa-apa saya mengajar demi kemajuan anak-anak di daerah terpencil," kata Fandi, Kamis (2/5/2019).

Polisi yang kini menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Sumber tersebut, mengatakan bahwa dirinya mulai mengajar di sana sejak tahun 2005 silam. Saat itu, ia baru saja lulus dari sekolah pendidikan kepolisian.

Pada awal karirnya sebagai polisi, ia ditempatkan di Samapta Polres Probolinggo. Setelah itu, Brigadir muda ini dipindahtugaskan ke Polsek Sumber dan menjadi Bhabinkamtibmas Desa Pandan Sari, Kecamatan Sumber. Saat itulah hatinya terketuk untuk membagi ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan cara menjadi tenaga pengajar di sekolah dasar setempat.

"Minimal seminggu sekali saya ke sana, namun kadang tak tentu. Sebab, saya juga keliling ke desa lainnya, seperti di Desa Gemito hingga desa lain. Saya termotivasi untuk memajukan pendidikan di kawasan terpencil, di kawasan tersebut masih kekurangan guru. Selain membantu, ini saya lakukan karena ingin menyalurkan bakat," kata Fandi.

Penghargaan dari Atasan

Bripka Fandi mendapat penghargaan dari Kapolres Probolinggo (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Dalam hal mengajar, ia mengaku tak mengalami kesulitan. Sebagai polisi, materi utama yang diajarkannya adalah terkait hukum. Namun, penyuluhan itu diberikan kepada kelas tinggi (kelas IV, V dan VI SD, juga SMP). Sementara bagi kelas rendah, yakni kelas 1-3 SD dan TK, yang diberikan adalah pengenalan pada polisi sahabat anak dan polisi cilik. 

"Juga materi pembelajaran di hari itu, yang di kelas tidak ada gurunya. Bisa matematika, ya sejarah dan lain-lain. Namun, yang paling disuka anak-anak adalah permainan. Materi-materi pembelajaran itu, saya pelajari dari buku-buku yang dimiliki istri yang kebetulan juga guru. Selain itu, juga didapat dari Perpustakaan Daerah yang kami ajak kerja sama," kata ayah dua anak itu.

Pria kelahiran Sidoarjo 36 tahun silam ini, menuturkan banyak mendapat pengalaman baru selama mengajar di pelosok. Salah satu yang paling berkesan adalah salah seorang siswa yang terkenal sangat nakal yang berubah menjadi baik karena takut melihat polisi.

"Selain nakal, kalau kata temannya juga jarang mandi ketika ke sekolah, mungkin ini pengalaman yang unik selama mengajar. Juga banyak yang ngajakin foto, bahkan ada juga yang meminta untuk gendong," ucapnya.

Kepala SDN Ledokombo 1, Suhariyanto, mengaku cukup terbantu dengan keberadaan Bripka Fandi. Sebab banyak anak didiknya yang termotivasi untuk bersekolah berkat bimbingan Fandi.

"Dengan kondisi alam yang sulit, anak didik saya sangat rajin untuk masuk sekolah. Apalagi kalau pas jadwal dia mengajar. Bapak Fandi sangat telaten menghadapi siswa-siswa, meski kami sendiri tidak pernah memberinya honor," ujarnya.

Atas perngorbanan Fandi selama 14 tahun menjadi pengajar sukarela di daerah pelosok itu, Polres Probolinggo pun memberi Fandi penghargaan sebagai Polisi Pengajar dan Pendidik di Daerah Terpencil. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurnianto pada awal tahun 2019 lalu.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Twit Nyeleneh Sambut Ramadan, Bikin Enggak Sabar Puasa

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa, dalam hitungan hari kita akan menyambut bulan suci Ramadan. Tentu banyak dari kalian yang sudah tak sabar untuk menjalankan puasa, bukan?

Ada begitu banyak hal dari bulan Ramadan yang telah dirindukan banyak orang. Mulai dari momen sahur, keseruan ngabuburit, kehangatan buka puasa bersama hingga saat Idul Fitri setelah menjalani puasa 30 hari lamanya.

Nyatanya momen menyambut bulan Ramadan juga dilakukan warganet Tanah Air. Banyak dari mereka yang membuat twit nyeleneh tentang bulan Ramadan yang akan tiba dalam hitungan hari.

Dikutip dari berbagai akun Twitter, berikut twit warganet menyambut Ramadan sebentar lagi, bikin enggak sabar puasa. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Siapa yang kalau lagi puasa ngeliat kecoak jadi kaya kurma?

foto: Twitter/@Mhdafi

Berbuka sama kolak kayaknya lebih enak

foto: twitter/@vinsanji_

Ada yang kaya gini?

Foto: twitter/@akuasasetan

Pasti banyak yang ngalamin nih

Foto: twitter/@sparklinglemonn

Kebanyakan rencana buka bersama hanya jadi sekedar wacana

foto: twitter/@ninik_stywati

Yang sabar ya

foto: twitter/@mfaisssal

Hati-hati ya jangan sampai salah dengar suara bedug

foto: twitter/@aldiansani

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akreditasi Bukan Faktor Utama Putus Kerja Sama RS dengan BPJS Kesehatan

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Putusnya kerja sama rumah sakit dengan BPJS Kesehatan bukan hanya karena faktor akreditasi semata. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab.

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan BPJS Kesehatan Budi Mohammad Arief mengungkapkan, ada juga rumah sakit yang diputus kerja samanya karena tidak lolos kredensialing. Kredensialing merupakan kegiatan peninjauan dan penyimpanan data-data faskes berkaitan dengan pelayanan profesi.

Hal ini mencakup lisensi, riwayat malpraktik, analisa pola praktik, dan sertifikasi. Kredensialing termasuk kegiatan BPJS Kesehatan untuk melakukan kualifikasi terhadap faskes.

"Selain itu, ada juga rumah sakit yang sudah tidak beroperasi atau Surat Izin Operasionalnya sudah habis masa berlakunya," lanjut Budi dalam keterangan rilis, Kamis (2/5/2019).

Selama proses pemutusan kerja sama rumah sakit dan BPJS Kesehatan, hal itu juga mempertimbangkan pendapat Dinas Kesehatan dan/atau Asosiasi Fasilitas Kesehatan setempat. Upaya ini bertujuan memastikan bahwa pemutusan kontrak tidak mengganggu pelayanan rumah sakit kepada masyarakat.

Di sisi lain, kriteria teknis yang menjadi pertimbangan BPJS Kesehatan untuk menyeleksi fasilitas kesehatan yang ingin bergabung dilihat dari sumber daya manusia (tenaga medis yang kompeten), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen pelayanan.

Akreditasi sebagai bentuk perlindungan

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan BPJS Kesehatan Budi Mohammad Arief mengingatkan rumah sakit untuk rumah sakit. (Humas BPJS Kesehatan)

Budi juga menekankan, betapa penting bagi rumah sakit untuk mengurus akreditasi. Sesuai regulasi yang berlaku, akreditasi menjadi salah satu syarat wajib untuk memastikan peserta JKN-KIS memeroleh pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan. Akreditasi ini tidak hanya melindungi masyarakat, juga melindungi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit itu sendiri," ungkapnya.

Hingga akhir April 2019, BPJS Kesehatan mencatat, ada 2.428 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, terdiri atas 2.202 rumah sakit dan 226 klinik utama.

"Dari 720 rumah sakit mitra BPJS Kesehatan pada Desember 2018 lalu belum terakreditasi, saat ini jumlahnya menurun menjadi 271 rumah sakit. Saya mengapresiasi langkah manajemen rumah sakit yang menempatkan akreditasi sebagai salah satu prioritas utama mereka," Budi menambahkan.

Fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan wajib memperbarui kontrak setiap tahun.

"Kami berharap ke 271 rumah sakit yang belum akreditasi sampai April 2019 ini bisa memanfaatkan toleransi yang sudah diberikan pemerintah sampai 30 Juni 2019 untuk segera menyelesaikan akreditasinya," tegasnya.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Ramadan Ada 178 Titik Pasar Murah di Lampung

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Lampung - Demi menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok selama Ramadan, pemprov dan kabupaten/kota se-Lampung menggelar pasar murah di 178 titik. 

"Kami menggelar pasar murah untuk mengintervensi harga kebutuhan pokok di pasaran jelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri," kata Satria Alam, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, dikutip dari Antara, Jumat (3/5/2019).

Kegiatan pasar murah, kata dia, telah dimulai sejak 24 April 2019 di Tulang Bawang Barat dan akan terus dilakukan selama Ramadan.

Satria menyebutkan pasar murah tersebut menjual berbagai bahan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga subsidi.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Pertamina menjual elpiji ukuran tiga kilogram dengan harga Rp 16.500 per tabung atau di bawah harga eceran tertinggi (HET).

"Pasar murah kita laksanakan 178 titik se-Lampung, yakni lima oleh Dinas Perdagangan, 14 oleh Dinas Ketahanan Pangan, 159 oleh kabupaten/kota dengan memberikan harga subsidi," ujar Satria Alam.

Ia juga mengimbau masyarakat dalam menghadapi Ramadan berbelanja dengan bijak atau sesuai dengan kebutuhan.

Satria menjelaskan stok pangan di Lampung dipastikan aman, kendati beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, terutama bawang putih dan daging ayam.

"Harga bawang putih saat ini masih cukup tinggi antara Rp 48 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogram," katanya.

Satria menambahkan pihaknya saat ini sedang menunggu bawang putih impor dari pemerintah pusat karena Provinsi Lampung mendapat prioritas guna menambah stok di pasaran yang mulai berkurang.

Pasokan bawang putih ke daerah itu, katanya, juga untuk menekan harga komditas tersebut di pasaran yang cukup tinggi. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkeu Luncurkan Sukuk Tabungan ST004 yang Bisa Dibeli Online

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menerbitkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Tabungan ST004. Sukuk tabungan ini bisa mulai dipesan mulai 3 Mei 2019 pukul 09.00 WIB hingga 21 Mei 2019 pukul 10.00 WIB,

ST004 memiliki tenor 2 tahun, dan menawarkan tingkat imbalan/kupon minimal sebesar 7,95 persen per tahun. Minimum pemesanan adalah satu unit senilai Rp 1 juta dan maksimum 3 ribu unit senilai Rp 3 miliar.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Luky Alfirman, menjelaskan keunggulan sukuk ini, salah satunya pemesanan bisa dilakukan secara online.

"Mudah, kami memasarkan melalui platform online. Dulu harus datang ke agen penjual, ke bank mungkin sedikit mengerikan harus dilayani petugas khusus," kata dia dalam acara peluncuran Sukuk Tabungan ST004, di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Tujuan penerbitan ST004 secara online adalah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SBSN ritel, menyediakan alternatif investasi bagi masyarakat, mendukung terwujudnya keuangan inklusif, serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.

"Dengan online semua sangat mudah, anyway, anytime. Semua bisa melalui internet termasuk juga pembayarannya," jelas dia.

Melalui ST004, pemerintah turut memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berinvestasi sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional.

Proses pemesanan pembelian sukuk ST004 secara online dilakukan melalui tahapan, yaitu, registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran, dan setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di ST004 dapat mengakses web Sukuk Tabungan di www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan atau menghubungi 20 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Direktorat Pembiayaan Syariah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Republik Indonesia telp. (021) 3505052 pesawat 2502, 3515296 faximile (021) 3510728 email sukuknegara@kemenkeu.go.id situs www.kemenkeu.go.id/sukuktabungan.

 

Perkuat Keuangan Syariah, BI Sempurnakan Aturan Penerbitan Sukuk

Ilustrasi Bank Indonesia

Bank Indonesia (BI) menerbitkan dua peraturan untuk memperkuat operasi moneter berdasarkan prinsip syariah.

Peraturan tersebut antara lain Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG) Nomor 21/8/PADG/2019 tentang tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 20/5/PADG/2018 tentang Instrumen Operasi Pasar Terbuka.

Selain itu, PADG Nomor 21/9/PADG/2019  tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Anggota Dewan Gubernur Nomor 20/9PBI/2018 tentang Standing Facilities.

Penerbitan PADG No. 21/8/PADG/2019 mengatur mengenai perluasan underlying asset penerbitan Sukuk Bank Indonesia (SukBI) yang mencakup pula sukuk global yang dimiliki oleh Bank Indonesia, selain Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Sementara PADG No.21/9/PADG/2019 mengatur penyempurnaan terhadap akad Fasilitas Simpanan Bank Indonesia Syariah (FASBIS).

Kedua ketentuan tersebut mulai berlaku pada 2 Mei 2019. Untuk perubahan aturan instrumen operasi pasar terbuka ini sebagai upaya untuk penguatan operasi moneter berdasarkan prinsip syariah, Bank Indonesia (BI) melakukan perluasan underlying aset penerbitan sukuk Bank Indonesia (SukBI).

Materi penguatan tersebut antara lain:

1.SukBI memiliki karakteristik sebagai berikut:

a.Menggunakan underlying aset berupa SBSN dan sukuk global

b. Memiliki satuan unit sebesar Rp 1 juta.

c.Berjangka waktu paling singkat satu hari dan paling lama 12 hari bulan yang dinyatakan dalam jumlah hari kalender, yang dihitung sejak satu hari setelah tanggal setelmen sampai dengan tanggal jatuh waktu.

d. Diterbitkan tanpa warkat dan ditatausahakan di BI-SSSS.

e. Dapat diagunkan kepada Bank Indonesia

f.Hanya dapat dibeli oleh BUS dan UUS di pasar perdana

g.Dapat diperdagangkan di pasar sekunder

h.Hanya dapat dimiliki oleh bank

i. Hanya dapat ditransaksikan antar bank antara lain dengan cara pembelian, penjualan secara putus, pinjam-meminjam, repurchase agreement dan dijadikan aguna.

2.SukBI yang diterbitkan oleh Bank Indonesia menggunakan akad al-musyarakah al-muntahiyah bi al-tamlik yaitu kontrak syirkah dua pihak atau lebih yang diikuti dengan pembelian porsi oleh satu pihak dari pihak lain pada saat akhir kontrak dan jatuh waktu.

3. Bank Indonesia menetapkan nisbah bagi hasil SukBI untuk pemilik SukBI.

4. SukBI diterbitkan dan ditransaksikan di sistem BI-ETP

5. SukBI yang masih dalam status agunan tidak dapat diperdagangkan

 

Standing Facilities

Sedangkan perubahan untuk standing facilities sebagai upaya penguatan operasi moneter berdasarkan prinsip syariah BI melakukan penyempurnaan terhadap akad fasilitas simpanan Bank Indonesia syariah (Fasbis).

Materi pengaturannya antara lain:

1. Transaksi Deposit Facility dilakukan dengan cara penempatan dana rupiah oleh Peserta Standing Facilities secara berjangka di Bank Indonesia.

2. Transaksi Deposit Facility sebagaimana dimaksud pada angka 1 dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. tanpa disertai dengan penerbitan surat berharga; dan

b. tidak dapat diperdagangkan, tidak dapat diagunkan, dan tidak dapat dicairkan sebelum jatuh waktu.

3. Transaksi Deposit Facility yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah dilaksanakan dalam bentuk Fasilitas Simpanan Bank Indonesia Syariah (FASBIS).

4. Transaksi Deposit Facility yang dilakukan berdasarkan prinsip syariah sebagaimana dimaksud pada angka 3 menggunakan akad ju'alah.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo Ungkap Tantangan Pembangunan Palapa Ring Timur

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengungkapkan kendala pembangunan Palapa Ring Timur. Saat ini, pembangunan Palapa Ring Timur baru mencapai 96 persen.

Dikutip dari situs resmi Kemkominfo, Jumat (5/3/2019), Rudiantara mengatakan kendala pembangunan Palapa Ring Timur berkaitan dengan kondisi geografis, seperti adanya pegunungan.

Kendala dan tantangan di Papua, misalnya kata Rudiantara, terjadi di beberapa kota/kabupaten bagian Selatan maupun di Utara seperti Jayapura, Timika, Merauke, bahkan sampai ke Tanah Merah.

"Permasalahannya kan yang ada di gunung. Di gunung, kita tidak bisa menarik fiber optik, sedangkan di laut dan darat bisa," ungkap Rudiantara.

Selain itu, kendala lain juga terbatasnya akses jalan untuk membawa material pembangunan Palapa Ring Timur di sub paket B. Palapa Ring Timur dibagi menjadi dua sub, yakni sub paket A dan sub paket B.

Sub paket A mencakup Provinsi Maluku, Nusa Tenggara Timur dan Papua Barat, yang pembangunannya sudah selesai. Sementara sub paket B berada di Provinsi Papua.

Sub paket B di Papua terdapat 52 titik, sehingga kata Rudiantara, pemerintah harus membangun microwave.

Dari 52 titik tersebut, 28 diantaranya tidak ada jalan yang dapat membawa para pekerja dan material.

"Karena tidak ada jalan, satu-satunya jalan adalah menggunakan helikopter untuk membawa pekerja dan material, juga termasuk membawa air galon. Kenapa air galon? Untuk mengaduk semen kan perlu air. Nah, di atas (gunung) kan tidak ada air. Bayangkan di ketinggian 3500 meter di atas permukaan laut," tambahnya.

Meskipun ada sejumlah tantangan, Rudiantara memastikan proses pembangunan harus tetap berjalan.

"Kami tidak akan menyerah. Kami akan tuntaskan," tutur pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

Masyarakat Papua Sambut Baik Proyek Palapa Ring Paket Timur

Menkominfo Rudiantara memberi penjelasan saat diskusi FMB 9 bertajuk 'Investasi Unicorn untuk Siapa?' di Jakarta, Selasa (26/2). FMB 9 ini membahas potret e-commerce dan start-up Indonesia di masa depan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Lebih lanjut, Kemkominfo sebelumnya sempat membantah spekulasi yang menyebutkan masyarakat Papua akan menghambat proyek internet cepat Palapa Ring Paket Timur. Mereka justru memberikan respons positif.

"Tidak benar jika sepenuhnya mereka menghambat, mereka justru antusias. Pada saat saya ke sana (sosialisasi Palapa Ring Paket Timur pada Februari 2017), mereka bahkan meminta ground breaking lebih cepat," ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, beberapa waktu lalu.

Namun Rudiantara mengakui ada sejumlah tantangan pembangunan proyek Palapa Ring Paket Timur di wilayah Papua.

Selain soal lahan, wilayah yang tidak memiliki akses internet paling banyak di Palapa Ring Paket Timur berada di Papua dan Papua Barat.

Dari total 46 kabupaten/kota di Paket Timur, baru 11 wilayah yang memiliki akses internet.

Sementara di wilayah Papua dan Papua Barat, dari 37 kabupaten/kota, hanya 7 yang sudah dijangkau internet.

Oleh sebab itu, pembangunan proyek Palapa Ring Paket Timur akan memakan waktu cukup lama, tapi dipastikan tidak akan melewati tenggat waktu.

"Memang akan memakan waktu lama, tapi akhir 2019 semuanya harus selesai," pungkas Rudiantara.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jude Law Resmi Menikah dengan Philipa Coan

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kabar bahagia datang dari Jude Law dan tunangannya, Philipa Coan. Pasangan beda usia 14 tahun ini dikabarkan telah menikah pada 30 April 2019 lalu.

Acara pernikahan Jude Law dan Phillipa Coan pun digelar secara private, intim, dan hanya dihadiri oleh pihak keluarga dan orang-orang terdekatnya saja.

Dilansir dari berbagai sumber, Jude Law dan Phillipa telah memilih Old Marylebone Town Hall, London sebagai venue pernikahan mereka. Tentu saja ini menjadi kabar gembira yang sudah ditunggu-tunggu banyak orang.

Fotografer dari The Sun pun berhasil mengabadikan kemunculan Jude Law dan Phillipa Coan di hari pernikahannya. Di sanalah pasangan pengantin baru ini terlihat sangat serasi dengan busana pernikahan yang terkesan old fashioned.

Untuk pernikahannya, Jude memakai jas biru navy yang terbuat dari bahan velvet. Sementara Phillipa terlihat cantik dengan mini dress dan headpiece berwarna broken white.

Pernikahan Kedua

(TIZIANA FABI / AFP)

Sebenarnya, Jude baru saja mengumumkan pertunangannya pada bulan Februari lalu. Namun, siapa sangka jika rencana pernikahan mereka berjalan lancar hingga akhirnya memilih akhir bulan April sebagai hari besar yang sudah mereka tunggu-tunggu.

Pernikahan ini bukanlah yang pertama bagi Jude. Bintang Fantastic Beast: The Crimes of Grindelwald ini sebelumnya pernah menikah dengan aktris sekaligus produser Sadie Frost, namun berakhir dengan perceraian di tahun 2003 silam. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tradisi Cuci Karpet Masjid Jelang Ramadan

Posted: 02 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Semarang rutin melakukan kegiatan cuci sajadah masjid setiap sebelum bulan Ramadan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinergi BUMN Integrasi Data, Jasa Raharja Luncurkan Aplikasi JR-Ku

Posted: 02 May 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Raharja (Persero) meluncurkan aplikasi JR-Ku yakni digitalisasi pelayanan guna semakin tanggap melindungi masyarakat. Ini juga bagian dari sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo mengungkapkan, aplikasi JR-Ku bertujuan menciptakan integrasi terkait laporan kecelakaan dan bentuk perlindungan perseroan.

"Oleh karena itu kami juga dituntut hadir lebih cepat pada inovasi digital yang tengah berkembang saat ini," ujar dia di Kementerian BUMN, Jumat (3/5/2019).

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama Host to Host data antara PT Jasa Raharja (Persero) dengan PT Angkasa Pura (Persero), PT Pelni (Persero), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), dan Perum Damri.

Melalui kerja sama Host To Host Data, Jasa Raharja memastikan keterjaminan bagi para penumpang, mempermudah pengelolaan data, variatif dan komplek sehingga dapat mengetahui potensi pondapatan sektor iuran wajib dan memperoleh data pembanding terhadap data data yang selama ini dikirimkan oleh operator alat angkutan umum.

Jasa Raharja menggandeng BNI melalui kerja sama Layanan Integrated Cash Management, yang memudahkan opetator-operator alat angkutan umum dapat menyetorkan luran Wajib yang dipungut melalui Virtual Account.

Selain hal tersebut, layanan ini mempercepat proses administrasi penyerahan Santunan kepada Korban/keluarga korban dan penggantian biaya perawatan rumah sakit sehingga dapat menunjang PRIME (Proaktif, Ramah, Iklas, Mudah dan Empati).

Ini slogan jemput bola yang dilakukan oleh Jasa Raharja dalam memproses penyerahan santunan salah satunya dengan mendatangi rumah korban dan Rumah Sakit. 

 

BPJS Kesehatan Gandeng Jasa Raharja

Ilustrasi BPJS Kesehatan

Sebelumnya, BPJS Kesehatan dan PT Jasa Raharja memastikan koordinasi manfaat penjaminan kecelakaan lalu lintas semakin optimal pada 2019.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak mengenai Koordinasi Manfaat Penyelenggaraan Jaminan Kecelakaan Penumpang Angkutan Umum dan Lalu Lintas Jalan serta Jaminan Kesehatan.

Berdasarkan rilis yang diterima Health Liputan6.com, ketentuan penyelenggaraan koordinasi manfaat jaminan kecelakaan lalu lintas telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Ini juga didukung oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 141/PMK.02/2018 tentang Koordinasi Antar Penyelenggara Jaminan dalam Pemberian Manfaat Pelayanan Kesehatan.

"Atas hal tersebut kami tindaklanjut melalui perjanjian kerjasama dan diharapkan akan makin optimal di tahun ini," kata Direktur Hukum, Kepatuhan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi di Jakarta pada Rabu, 30 Januari 2019.

"Optimalisasi koordinasi manfaat ini juga merpakan salah satu strategi dari bauran kebijakan untuk mengatasi tantangan sustainibilitas Program JKN-KIS," tambahnya.

Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, diharapkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan semakin tepat sasaran. Bayu menambahkan, ini juga untuk mencegah adanya tumpang tindih antarlembaga penjamin satu dengan yang lain. 

 

Gandeng Kepolisian

Verifikasi digital klaim BPJS Kesehatan sudah diterapkan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sejak 14 Maret 2018. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Bayu menjelaskan, PT Jasa Raharja adalah penjamin pertama sampai dengan batas plafon sesuai ketentuan untuk kasus-kasus kecelakaan lalu lintas ganda serta kecelakaan penumpang alat angkutan umum.

Setelah melewati plafon tersebut, korban akan dialihkan penjaminannya pada BPJS Kesehatan, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kedua pihak juga menggandeng Kepolisian terkait dengan integrasi sistem informasi kasus kecelakaan lalu lintas. Diharapkan, proses administrasi soal penentuan siapa lembaga penjamin bisa diidentifikasi dengan cepat.

"Kami menghimbau masyarakat apabila mengalami kasus kecelakaan lalu lintas, untuk segera mengurus surat Laporan Polisi (LP)," tambah Bayu.

LP merupakan syarat penjaminan oleh PT Jasa Raharja, sehingga masyarakat diharapkan proaktif melaporkan kejadian yang dialami ke PT Jasa Raharja.

"PT Jasa Raharja sebagai penjamin pertama akan membiayai pelayanan kesehatan sampai dengan plafon 20 juta rupiah, apabila melebihi akan dijamin oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan ketentuan."

Selain itu, untuk kecelakaan lalu lintas terkait dengan pekerjaan seperti kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya, bukan manfaat program yang ditanggung BPJS Kesehatan.

Kondisi tersebut merupakan Jaminan Kecelakaan Kerja yang ditanggung BPJS Ketenagakerjaan, PT Taspen (untuk Aparatur Sipil Negara), dan PT Asabri (untuk prajurit).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Fokus Mengajar, Eric Schmidt Mundur dari Induk Perusahaan Google

Posted: 02 May 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Eric Schmidt yang dikenal sebagai mantan CEO Google keluar dari dewan direksi induk perusahaan, Alphabet. Posisi jabatan ini telah ia jalani selama 18 tahun atau sejak 2001.

Kepergian Schmidt terjadi sekitar setahun setelah ia mengundurkan diri dari Ketua Eksekutif Alphabet. Hal tersebut terjadi ketika Google bergulat dengan pergolakan internal terkait keterlibatannya dengan kontrak militer AS, bisnis potensial di China, dan dugaan kasus pelecehan seksual.

Mengutip laman The Verge, Jumat (3/5/2019), Alphabet mengumumkan bahwa masa jabatan Eric Schmidt akan berakhir pada 19 Juni. Alphabet mengatakan dia akan tetap menjadi "penasihat teknis" untuk perusahaan, peran yang dia miliki sejak tahun lalu.

Schmidt mengungkap setelah mengundurkan diri ia berencana akan mengikuti jejak mentornya, Bill Campbell, untuk membantu generasi talenta selanjutnya.

Di sisi lain, Eric Schmidt juga akan fokus mengajar dan beramal lewat organisasi amal bentukannya, Schmidt Futures.

Figur Penting di Alphabet

Chairman Google Eric Emerson Schmidt (Sumber: Business Insider).

Untuk diketahui, Schmidt adalah salah satu figur penting di Alphabet. Ia menempati posisi sebagai anggota dewan direksi pada 2001, ketika ia menjadi CEO Google.

Pada 2011 ia mundur sebagai CEO dan menjadi executive chairman. Pada awal 2018, ia lengser dari executive chairman dan menjadi anggota direksi reguler.

(Isk/Jek)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barang Edisi Terbatas Bernuansa Avengers Ini Lagi Diburu Para Fans

Posted: 02 May 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak penayangan perdana di bioskop, film superhero Avengers: Endgame menjadi trending topik di media sosial. Ya, media sosial mnghadirkan sejumlah fakta unik, menarik, bahkan menggelitik dari para penonton Avengers: Endgame.

Paling epik adalah, untuk pertama kalinya di Indonesia bioskop mengeluarkan jadwal tayang film saat subuh, yaitu di jam lima pagi. Alhasil demi mendapatkan tiket, para penonton ada yang datang berbalut piyama. Ada pula yang datang sambil membawa atau mengenakan barang bernuansa Avengers.

Mulai dari baju, jaket, hingga selimut bergambar superhero Avengers. Enggak cuma itu saja, ternyata saat nonton ada juga penonton yang membawa gantungan figur Avengers. Tapi namanya juga penggemar, apapun akan dilakukan untuk mendapatkan barang bernuansa Avengers yang diinginkan.

Tak sedikit pula yang rela mencari barang bernuansa Avengers hingga ke luar negeri atau mencari di situs online seperti e-bay. Nah sekarang ada satu barang limited edition yang sedang diburu para fans Marvel.

OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition.

Adalah OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition. Jika dilihat dari akun Instagram OPPO, banyak banget nih yang mencari smartphone ini. Kenapa? Itu karena OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition memiliki desain unik yang dikenal dengan nama Space Blue. Cari tahu yuk keistimewaan smartphone edisi terbatas ini:

1. Gradasi 'Alam Semesta'

Desainnya terinspirasi dari baju Captain America, perangkat ini memiliki body belakang berwarna biru dengan pola hexagonal. Logo OPPO pada sisi belakang perangkat memiliki efek gradasi. Dengan pencahayaan berbeda akan mengubah warna steel blue pada sisi tengah menjadi midnight blue pada kedua sisi samping, layaknya alam semesta yang dinamis dan misterius.

2. Estetika Logo A

Di bagian belakang, logo A Avengers berwarna merah tebal dan berlatar biru akan menghasilkan gabungan warna merah-biru yang menarik. Logo Avengers yang terpotong pada sisi belakang dan logo lengkap pada sisi atas kamera juga membentuk sebuah estetika lengkap. Tentunya sangat menyoroti kecantikan logo Avengers. Semakin menarik karena tombol switch berwarna merah di bagian samping perangkat.

3. Layar Lebar

Ketika membalikkan ponsel pintar ini, kamu akan melihat layar lebar berukuran 6,5 inchi. Tampilan user enterprise dan wallpaper langsung memunculkan logo Avengers. Logo Avengers bersinar terang yang mencerminkan film Avengers: Endgame saat berada di tengah peperangan alam semesta

OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition.

4. Ring Stand

Selanjutnya untuk memberikan perlindungan heroik, setiap perangkat OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition dilengkapi dengan pelindung bertemakan Captain America. Back cover dibuat dengan bahan premium serat kain halus untuk menjaga smartphone tetap aman dari goresan. Juga ada ring stand (cicin jari) yang tidak hanya nyaman digenggam. Cincin jari yang terletak di tengah perangkat terinspirasi oleh perisai khas Captain America yang memukau serta fungsional. Jadi membebaskan pergerakan tanganmu saat menonton video dan mencegah perangkat dari terselip atau jatuh saat dipegang.

5. Cap Lencana

Menariknya, kotak pembungkus OPPO F11 Pro Marvel Avengers didesain dan dirancang dengan warna hitam premium. Logo Avengers yang dicetak di atas warna termo hitam terlihat sangat mencolok dan memunculkan aura kekuatan pahlawan yang tidak terbatas. Terlebih, setiap kotak OPPO F11 Pro Avengers dilengkapi dengan cap lencana kolektor, sebuah hadiah khusus yang menarik bagi para kolektor dan penggemar setia pahlawan Marvel Studios.

OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition.

6. Lambang Superhero Avengers

Ini yang mencirikan bahwa OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition juga melambangkan kemampuan teknologi yang di benamkan pada perangkat yang sama dengan setiap pahlawan dalam film Avengers: Endgame. Pertama, Captain America adalah inspirasi utama dari desain OPPO F11 Pro Avengers. Kemudian, Iron Man yang dapat terbang dengan baju besi berteknologi canggih yang dilambangkan pada teknologi rising camera. 

Selanjutnya, kemampuan Thor untuk mengendalikan petir dan listrik, melambangkan VOOC Flash Charge 3.0 yang dapat mengisi ulang baterai ponsel pintar ini secepat kilat. Tubuh Hulk yang besar dan kuat merefleksikan besarnya memori OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition dengan RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Black Widow yang sangat cepat dan terampil juga merepresentasikan ponsel OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition yang dapat diandalkan karena beroperasi sangat lancar dengan dukungan teknologi Hyper Boost.

Terakhir, Hawkeye yang sangat mahir dalam menggunakan senjata panah dan tidak pernah meleset dalam memburu targetnya, melambangkan OPPO F11 Pro Marvel's Avengers Limited Edition yang dapat menangkap gambar dengan sangat detail dan tajam karena dilengkapi dengan kamera belakang ganda 48MP dengan fitur Ultra Night Mode dan Dazzle Color Mode yang akan membuat foto malam  semakin tajam dan ciamik.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Arsenal vs Valencia: Aubameyang Jadi Bintang

Posted: 02 May 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal sukses mengamankan laga pertama semifinal Liga Europa. Kamis (2/4/2019) atau Jumat dini hari WIB, mereka menghajar sang tamu, Valencia 3-1.

Arsenal harus tertinggal lebih dahulu dari Valencia setelah Mouctar Diakhaby membobol gawang Petr Cech pada menit ke-11. Usaha Arsenal menyamakan kedudukan baru berhasil pada menit ke-18.

Umpan Pierre Emerick Aubameyang dituntaskan Alexandre Lacazette dengan tendangan mendatar ke gawang Valencia. Babak pertama berakhir 2-1 setelah Lacazette mencetak gol keduanya di menit ke-25.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan lebih terbuka. Valencia yang berstatus tim tamu tak segan-segan menyerang pertahanan Arsenal.

Namun gawang mereka justru bobol ketiga kalinya di menit 90 lewat tendangan Aubameyang dari jarak dekat. Arsenal pun hanya perlu menahan imbang Valencia tanpa gol pada leg kedua untuk melaju ke babak final.

 

Video Arsenal vs Valencia

Simak Video Arsenal vs Valencia di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentara Myanmar Menembak Mati 6 Terduga Pemberontak di Rakhine

Posted: 02 May 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Naypyidaw - Pasukan keamanan Myanmar telah menembak mati setidaknya enam orang di Negara Bagian Rakhine sebelah barat pada Kamis, 2 Mei 2019. Insiden itu terjadi setelah menahan ratusan orang di sebuah sekolah.

Menurut sumber militer, enam orang yang ditembak mati adalah bagian dari 275 orang yang ditahan. Mereka didapat dari operasi pencarian anggota kelompok pemberontak bernama Arakan Army.

Meski demikian, terdapat simpang siur informasi terkait korban penembakan, dengan anggota parlemen Myanmar Khim Maung Lat, menyebut mereka adalah warga desa.

"Para warga desa ditembak mati dengan delapan lainnya terluka parah," kata Khim tanpa merinci jumlah korban meninggal, mengutip laporan Al Jazeera, Jumat (3/5/2019).

Sementara itu, menurut juru bicara militer Myanmar Brigadir Jenderal Zaw Min Tun, enam tahanan yang ditembak itu berusaha merampas senjata pada Kamis pagi. Hal itu menyebabkan aparat melepaskan tembakan.

"Kami telah memperingatkan mereka secara verbal. Kemudian kami melepas tembakan peringatan ke udara untuk membubarkan kelompok itu namun mereka tidak bergerak. Karenanya tembakan dilepaskan (ke arah mereka)," katanya.

Terdapat kemungkinan kasus penembakan itu bukan hanya terjadi di satu desa. Khim mengatakan, empat warga sipil juga dibunuh selama proses interogasi yang berlangsung di desa yang lain.

ICRC Prihatin

Muslim Rohingya saat melakukan pelayaran maut untuk mengungsi dari Rakhine. (AFP)

Sementara itu, organisasi palang merah dunia ICRC menyatakan keprihatinannya atas jumlah korban sipil yang meningkat selama beberapa minggu terakhir. Kepala delegasi ICRC di Myanmar, Stephan Sakalian mendesak semua pihak dalam konflik untuk melindungi warga sipil sesuai Hukum Humaniter Internasional.

Rakhine telah menjadi perhatian global sejak adanya gelombang pengungsi besar-besaran muslim Rohingya ke Bangladesh. Sebanyak 740.000 orang melarikan diri dari kekerasan dengan militer pada 2017 lalu.

Akibat kejadian 2017 itu, penyelidik PBB telah menyerukan perwira militer senior untuk dituntut atas dakwaan "pembunuhan massal, pemerkosaan dan pembakaran." Meski demikian, militer membantah melakukan kesalahan tersebut.

Baru-baru ini, warga sipil terperangkap dalam bentrokan antara militer dan Arakan Army.

Sejak November 2018, pertempuran telah menggusur hampir 33.000 orang di sebagian besar Rakhine tengah dan utara, dengan sebagian Negara Bagian Chin, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan.

Pemerintah Bersumpah Tumpas Pemberontak Rakhine

Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi pada Selasa 19 September 2017 akhirnya bicara ke dunia soal krisis di Rakhine yang memicu eksodus massal warga Rohingya ke Bangladesh (AP Photo/Aung Shine Oo)

Sementara itu, pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi menyerukan upaya penumpasan kaum pemberontak sejak Januari 2019 lalu. Dalam langkah itu ia mengatakan bahwa militer dapat terlibat aktif.

Dikutip dari The Straits Times, juru bicara pemerintah Zaw Htay saat itu mengatakan bahwa Aung San Suu Kyi, bersama Presiden Win Myint dan anggota kabinet lainnya bertemu dengan para pemimpin militer untuk membahas "urusan luar negeri dan keamanan nasional".

"Kantor Presiden telah menginstruksikan militer untuk melancarkan operasi guna menumpas para teroris," kata Zaw Htay dalam konferensi pers di ibu kota Naypyidaw.

Sementara Suu Kyi dilarang menjabat sebagai presiden berdasarkan Konstitusi yang dirancang oleh militer, Win Myint adalah seorang loyalis dan dia dipandang sebagai pemimpin de factopemerintah sipil Myanmar, sementara militer tetap bertanggung jawab atas keamanan.

Sementara itu, menurut PBB, pertempuran antara pasukan pemerintah Myanmar dan pemberontak Tentara Arakan di negara bagian Rakhine telah membuat ribuan orang mengungsi sejak awal Desember.

Tentara Arakan menginginkan otonomi yang lebih besar bagi Rakhine, di mana kelompok etnis setempat yang mayoritas beragama Budha memiliki pengaruh kuat bagi masyarakat di sana.

Dalam serangan baru-baru ini, kelompok pemberontak itu menyasar empat pos polisi pada Jumat 4 Januari, menewaskan 13 petugas dan melukai sembilan lainnya.

Serangan tersebut berlangsung tepat ketika Myanmar tengah merayakan hari kemerdekaannya, media nasional negara itu melaporkan.

Seorang juru bicara Tentara Arakan --yang berada di luar Myanmar-- mengatakan kepada kantor berita Reuters pada pekan lalu, bahwa serangan mereka adalah baalsa terhadap operasi militer besar-besaran yang dilakukan di negara bagian Rakhine, di mana turut menargetkan warga sipil

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Catat Sebaran BPR 1.597 Unit, Terbanyak di Jawa dan Bali

Posted: 02 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) hingga periode Januari 2019 telah mencapai sebanyak 1.597 BPR. Jumlah tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR, Ayahandayani mengatakan, dari 1.597 BPR tersebut sebanyak 69 persen atau 1.102 BPR penyebarannya masih berpusat di Pulau Jawa dan Bali. Sedangkan sisanya 31 persen atau sebesar 495 berada di luar Jawa dan Bali.

"Kondisi ini sudah mulai baik. Dahulu di atas 80 persen di Jawa dan Bali, karena adanya kebijakan otoritas maka meluas di luar Jawa Bali," ujar dia dalam acara Pelatihan dan Gathering Media Massa Jakarta, di Bandung, Jumat (3/5/2019).

Ayahandayani mengatakan, berdasarkan klasifikasi modal inti dari sebaran BPR tersebut cenderung terkonsentrasi pada kelas BPRKU 1. Modal inti dari BPR ini kurang dari Rp 15 miliar atau paling sedikit sekitar Rp 6 miliar.

"BPRKU1 sebagian besar BPR ada di sana semua di bawah Rp 15 miliar. 722 BPR separuhnya masih memiliki modal inti di bawah Rp 6 miliar," ujar dia.

Di samping itu, perkembangan kinerja industri BPR juga menunjukan tren positif. Secara aset pada pada periode Januari tumbuh 7,69 persen secara year on year (yoy) atau sebesar Rp 135,5 miliar.

Kemudian dana pihak ketiga juga mengalami pertumbuhan sebesar 8,59 persen secara (yoy) atau sekitar Rp 92,5 miliar. Pertumbuhan ini juga diikuti kredit yang sebesar 10,19 persen secara (yoy) atau Rp 98,6 miliar.

"BPR tetap mengalami peningkatan signifikan dari tahun 2013 sampai 2018 agak sedikit melandai karena ada persaingan di tahun 2017-2018" pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

OJK Cabut Izin Usaha BPR Sinarem

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT BPR Mustika Utama Kolaka

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sinarenam Permai Jatiasih. BPR ini beralamat di Komplek Grand Bekasi Centre Blok A Nomor 15, Jalan Cut Meutia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pencabutan izin usaha BPR Sinarenam Permai Jatiasih dikeluarkan melalui Keputusan Anggota Dewan Komisioner (KADK) NomorKEP-186/D.03/2018 pada 8 November 2018.

"Pencabutan Izin Usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Sinarenam Permai Jatiasih, terhitung sejak 8 November2018," jelas Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Sarwono dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 8 November 2018.

Sebelumnya, sesuai dengan POJK Nomor 19/POJK.03/2017 dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SEOJK) Nomor 56/SEOJK.03/2017 yaitu tentang Penetapan Status dan Tindak Lanjut Pengawasan BPR dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, BPR Sinarenam Permai Jatiasih sejak 25 Juli 2018.

BPR ini telah ditetapkan menjadi status Dalam Pengawasan Khusus (BDPK) karena rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) yang kurang dari 0 persen.

Penetapan status BDPK tersebut disebabkan lemahnya pengelolaan manajemen BPR yang tidak memperhatikan prinsip kehati-hatian dan pemenuhan asas perbankan yang sehat.

Status tersebut ditetapkan dengan tujuan agar pengurus atau pemegang saham melakukan upaya penyehatan.

Namun, sampai batas waktu yang ditentukan, upaya penyehatan yang dilakukan pengurus atau pemegang saham untuk keluar dari status BDPK dan BPR dapat beroperasi secara normal dengan rasio KPMM paling kurang sebesar 8 persen, tidak terealisasi.

"Mempertimbangkan kondisi keuangan BPR yang semakin memburuk dan pernyataan ketidaksediaan dari Pemegang Saham dalam menyehatkan BPR tersebut serta menunjuk Pasal 38POJK di atas, maka OJK mencabut izin usaha BPR tersebut setelah memperoleh pemberitahuan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)," jelas Sarwono.

Dengan pencabutan izin usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Sinarenam Permai Jatiasih, selanjutnya LPS akan menjalankan fungsi penjaminan dan melakukan proses likuidasi sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 Tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009.

"OJK menghimbau nasabah PT Bank Perkreditan Rakyat Sinarenam Permai Jatiasih agar tetap tenang karena dana masyarakat di perbankan termasuk BPR dijamin LPS sesuai ketentuan yang berlaku," dia menandaskan.

 

OJK Ungkap Kasus Pidana BPR MAMS di Bekasi

Logo OJK. Liputan6.com/Nurmayanti

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan oleh Komisaris PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Multi Artha Mas Sejahtera (MAMS), berinisial H dengan nilai Rp 6,280 miliar. Dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi.

Diketahui, OJK sebagai otoritas pengatur dan pengawas lembaga jasa keuangan telah mencabut izin usaha BPR Multi Artha Mas Sejahtera yang berada di Kota Bekasi.

Pencabutan izin ini dikeluarkan melalui keputusan Dewan Komisioner (KDK) Nomor 16/KDK.03/2016 tanggal 21 Desember 2016 tentang Pencabutan Izin Usaha PT Bank Perkreditan Rakyat Multi Artha Mas Sejahtera.

Kepala Dapartemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan, Rokhmad Sunanto mengungkap motif yang dilakukan Komisaris BPR MAMS tersebut yakni dengan membuat catatan palsu pada pembukuan pelaporan keuangan.

Dengan sengaja, BPR MAMS tidak melakukan pencatatan dalam pembukuan atau dalam laporan kegiatan usaha, transaksi ke rekenig perusahaan tersebut.

"Tahun 2013 komisaris BPR ini memang sudah punya niat jahat membuat atau membuka rekening pribadi di BCA. Tujuannya dengan adanya rekening itu, dia memerintahkan direktur oprasional untuk memindahkan keuangan dari BPR ke rekening pribadi supaya bunganya lebih besar," ujar dia saat konferensi pers di Gedung Soemitro Djojohadikusumo, Jakarta, Selasa, 21 Agustus 2018.

Rokhmad mengatakan, dalam melakukan penyidikan OJK tidak serta merta langsung melakukan tindakan. Terlebih ada beberapa tahapan yang dilakukan, yakni dengan cara melakukan pembinaan terlebih dahulu.

"Loh kok ini ada pentransferan, ini enggak boleh harus menggunakan rekening perusahaan tapi justru malah ke rekening pribadi. OJK melakukan penyidikan ada tahapannya," ujar dia.

"Begitu ada kekeliruan dilakukan pembinaan dulu. Tujuannya jangan sampai ada proses hukum ke bank ini supaya tidak ada pengaruh keperekonomian negara," tutur dia.

Rokhmad melanjutkan, dalam kasus ini, OJK sebetulnya sudah menemukan langkah-langkah dalam melakukan penindakan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Kehebatan Kaki Kiri Lionel Messi Saat Bersama Barcelona

Posted: 02 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi kembali menjadi perbincangan publik sepak bola dunia. Perkaranya sederhana, yakni dua golnya ke gawang Liverpool pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018-2019 di Estadio Camp Nou, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB.

Satu di antara dua gol Lionel Messi memantik kekaguman banyak orang tentang kekuatan kaki kiri ikon Barcelona tersebut. Faktanya, sepanjang karier Lionel Messi bersama Barcelona, kaki kiri pesepak bola berusia 31 tahun tersebut, menjadi senjata utama.

Menjadi sosok yang begitu kuat dengan tendangan kaki kirinya, membuat Lionel Messi digadang-gadangkan sebagai penyerang Barcelona dengan serangan kaki kiri terbaik. Menariknya, kehebatan kaki kiri Messi menjadi tantangan tersendiri bagi para lawannya.

Tak heran jika setiap kali beraksi, sang penjaga Lionel Messi selalu berusaha mencegah aksi si kaki kiri. Apalagi jika sudah mulai mencari celah menembak, lawan bakal semakin waspada. Berikut ini beberapa fakta terkait kaki kiri Lionel Messi sepanjang berkostum Barcelona.

 

Korban dan Koleksi Gol

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, meraih trofi Sepatu Emas Eropa yang kelima pada Selasa (18/12/2018). (AFP/Lluis Gene)

1. Empat Klub Inggris Jadi Korban

Pada setiap pertandingan, kehadiran Lionel Messi di lapangan hijau tak bisa dianggap remeh. Ia memiliki kekuatan super yang terletak di kaki kirinya.

Total, ada empat klub yang menjadi korban sang megabintang. Daftar tersebut berisi Chelsea, Manchester United, Manchester City, dan Arsenal.

2. Koleksi 25 gol, dan 21 Gol Lewat Kaki Kiri.

Pada musim 2018-2019, Lionel Messi berhasil menjadi top skorer La Liga Spanyol dengan koleksi 25 gol. Hebatnya, kaki kiri Sang Messiah sanggup menceploskan 21 gol, dan empat gol via kaki kanan.

Dalam catatan sejarah, performa Messi menjadi pencapaian yang sangat luar biasa. Hal itu sekaligus membuktikan kemampuan super ketika menguasai lapangan.

 

Sasaran Tekel

Lionel Messi saat laga Barcelona vs Liverpool dalam laga leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, Kamis dini hari WIB (2/5/2019). (AFP/Javier Soriano)

3. Sasaran Tekel Lawan

Kaki kiri Lionel Messi menyedot perhatian pemain lain, terutama dari kubu lawan. Kemampuan hebat yang tersimpan di kaki kiri Lionel Messi menjadi ancaman bagi musuh, dan sudah pasti ingin secepat mungkin melumpuhkannya.

Beberapa contoh pertandingan sudah menjadi bukti. Misalnya kala Barcelona melawan Real Madrid dalam partai Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (2/3/2019). Pertandingan tersebut dimenangi oleh Barcelona. Namun ada momen yang sempat diabadikan oleh kamera ketika Carvajal mencoba merebut bola dari kaki Messi, Carvajal diketahui menandang kaki kiri Messi.

4. Tim Inggris Kebobolan 13 Gol

Dalam pertandingan semifinal Liga Champions, Rabu (2/5), Lionel Messi berhasil membobol gawang Liverpool. Namun ini bukan kali pertama dirinya menghadapi tim dari Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sebelumnya, ia juga melakukan hal yang sama. Total 15 gol dicetak Messi ketika menghadapi tim Inggris, 13 di antaranya menggunakan kaki kiri.

 

Gol Domestik Musim Ini

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah saat melewati Jordi Alba pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/

5. Cetak 28 dari 34 Gol di Spanyol Musim Ini

Catatan statistik Lionel Messi sepanjang musim ini adalah mencetak 34 gol, 28 di antaranya dilakukan kaki kirinya. Ketajaman tersebut bakal terus menambah daftar statistik 'keajaiban' kaki kirinya.

Lionel Messi masi mungkin bermain dalam beberapa laga terakhir di pentas La Liga. Selain itu, ia juga masih punya kesempatan maksimal dua kali di panggung Liga Champions.

Sumber: Brilio

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Ramadan 2019 Diprediksi Akan Seragam

Posted: 02 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin meyakini momen awal Ramadan 2019 akan jatuh secara bersamaan. Sebab dari kriteria yang ditentukan di Indonesia, semunya sudah terpenuhi pada Magrib, 5 Mei 2019.

Dia menjelaskan, ada kriteria yang berlaku di Indonesia dalam menentukan awal bulan hijriyah. Yaitu wujudul hilal yang digunakan Muhammadiyah, ketinggian bulan dua derajat yang digunakan NU, serta kriteria internasional (kriteria Odeh) dan usulan Rekomendasi Jakarta 2017, yang kriterianya sudah digunakan Persatuan Islam (Persis).

"Semuanya menunjukkan pada saat Maghrib 5 Mei 2019, posisi bulan telah memenuhi kriteria. Artinya, secara hisab ditentukan awal Ramadhan 1440 jatuh pada 6 Mei 2019," ujar Thomas yang dikutip dari blognya, Jumat (3/5/2019).

Namun begitu, ia meminta masyarakat untuk bersabar dalam menunggu kepastian awal Ramadan 2019 tersebut. Agenda penentuan awal puasa baru diputuskan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu 5 Mei 2019.

"Kepastiannya menunggu hasil sidang isbat yang akan menggabungkan dengan hasil rukyat (pengamatan) hilal pada saat maghrib 5 Mei 2019," ujar dia.

Muhammadiyah sebelumnya sudah menetapkan pada 6 Mei 2019 sebagai awal Ramadan 2019. Ketetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal.

Hasilnya pada Minggu 5 Mei 2019 menunjukkan tinggi bulan saat terbenam matahari di Yogyakarta +05 48 20". Artinya hilal sudah terwujud.

Sedangkan untuk penentuan hari Raya Idul Fitri, ijtimak jelang Syawal 1440 H terjadi pada hari Senin 3 Juni 2019. Tinggi bulan pada saat terbenam matahari di Yogyakarta -00 09 22" atau hilal belum terwujud.

"1 Syawal 1440 jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019," demikian keterangan Muhammadiyah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah yang T'lah Lalu, Single Patah Hati dari Mario G Klau

Posted: 02 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi bertalenta Mario G Klau kembali berkarya dengan merilis single baru berjudul "Kisah yang T'lah Lalu". Lagu tersebut menjadi yang pertama sepanjang 2019. Penyanyi jebolan ajang The Voice Indonesia ini sebelumnya merilis single "Tak Selamanya Indah".

Singel "Kisah yang T'lah Lalu" juga menandai kelanjutan kerja sama Mario G Klau dengan label musik Universal Music Indonesia. Di lagu tersebut, penyanyi kelahiran Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini, unjuk kemampuan dalam hal menulis lirik.

Mario G Klau pun memilih lagu bertema cinta dengan nuansa patah hati. Isi pesannya pun mudah dicerna karena pemilihan diksi yang sederhana dan tidak berusaha untuk puitis. Namun, Mario menulisnya dengan tertata sedemikan rupa sehingga maknanya pun tepat sasaran.

Warna musik pop balada menjadi pakem tersendiri bagi Mario G Klau dalam hal aransemen. Karakter vokal Mario yang sangat kuat dan lembut juga menjadi senjata utama Mario dalam menyajikan lagu ini.

Tak Rumit

Mario G Klau (Foto: Instagram/marioclau21)

Tak hanya itu, instrumen musik yang dimainkan Mario juga tak rumit. Menggunakan alat musik keyboard serta bunyi-bunyian lain. Aransemen lagu ini berhasil menjadi kesatuan yang semakin mudah untuk dinikmati.

Suasana kepedihan dan patah hati yang tentunya pernah dialami oleh banyak orang, diharapkan bisa membuat lagu ini diterima oleh masyarakat Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditjen PUM Kemendagri Jelaskan Langkah Nyata Perkuat Masyarakat Melanesia

Posted: 02 May 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta FGD Forum Persaudaraan Masyarakat Melanesia Indonesia (FPMMI) telah digelar beberapa waktu lalu. Sekretaris Ditjen Polpum Didi Sudiana mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya tersebut. 

Dalam sambutannya, Didi menjelaskan bahwa Indonesia adalah bangsa multikultural yang didalamnya hidup berbagai macam suku, bangsa, bahasa dan agama dengan berbagai karakter sosial dan kultur.

"Namun demikian, para pendiri bangsa kita telah mengikat erat segala keragaman dan perbedaan tersebut di dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dengan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar bagi terwujudnya integrasi seluruh komponen bangsa," katanya. 

Didi juga menyebut bahwa dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini masih ditandai berbagai peristiwa sosial-politik yang dapat merongrong persatuan dan kesatuan bangsa. Bukan hanya itu saja, tapi juga dapat mengancam keutuhan NKRI.

"Hal ini terkait dengan dilaksanakannya tahapan agenda politik nasional Pemilu 2019 yang ditandai dengan, mulai meningkatnya suhu politik baik pada tingkat lokal maupun nasional. Juga potensi konflik antar kelompok atau golongan, baik yang dilatarbelakangi perbedaan pendapat dalam masalah politik, maupun akibat masalah SARA serta Ancaman keutuhan dan disintegrasi bangsa, melalui gerakan-gerakan separatis, radikal, berdasarkan sentimen kesukuan atau fanatisme sempit agama akibat ketidakpuasan daerah terhadap kebijakan pemerintah pusat," ungkap Didi

Didi menambahkan, dalam rangka mengantisipasi kemungkinan timbulnya ancaman disintegrasi dan keutuhan NKRI, maka pemerintah perlu melakukan pembinaan kerukunan, melestarikan serta mengembangkan nilai-nilai sosial dan budaya, dan kerjasama masyarakat Melanesia di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara Timur. Ini sebagai langkah nyata untuk memperkuat dan mempererat rasa perasudaraan sesama masyarakat Melanesia sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia.

Dengan adanya Otonomi Khusus yang sudah berjalan kurang lebih 25 tahun ini kiranya dapat dilakukan evaluasi dengan dengan melihat dampak yang telah dirasakan daerah tersebut.

Menurutnya, Melanesia bukan hanya milik segelintir kelompok atau daerah, namun milik bangsa Indonesia. Akan tetapi sangat disayangkan dengan munculnya kelompok kriminalitas sparatis dan mempengaruhi sistem otonomi khusus yang selama ini berjalan dengan baik.

Maka dari itu pembinaan harus terus digulirkan untuk semua etnis terkhusus untuk para Melanesia yang tentunya juga harus didorong oleh APBD.

Sebagai tindak lanjut dari adanya Piagam Deklarasi 5 (lima) Gubernur/Kepala Daerah Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur pada tanggal 6 Oktober 2015 di Ambon Provinsi Maluku.

Maka Kementerian Dalam Negeri dan atas pengarahan dari Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Forum Perasudaran Masyarakat Melanesia Indonesia (FPMMI) pada tanggal 28 Juni 2016.

"Melalui kegiatan FGD ini, kami sengaja mengundang para pejabat dari Kementerian/Lembaga yang tergabung dalam Dewan Pembina FPMMI Nasional, untuk menyamakan langkah dan persepsi dalam rangka pelaksanaan tugas," jelas Didi.

Tujuannya, lanjut Didi, agar dapat mendorong gubernur dalam merumuskan kebijakan Penyelenggaraan Persaudaraan Masyarakat Melanesia Indonesia dan Memfasilitasi hubungan kerja FPMMI dengan pemerintah daerah dan hubungan antar instansi terkait di daerah dalam Penyelenggaraan Persaudaraan Masyarakat Melanesia Indonesia. 

"Saya berharap melalui pelaksanaan FGD ini dapat menghasilkan hal-hal yang positif dalam rangka mendorong efektivitas penyelenggaraan FPMMI tingkat Nasional dan Provinsi. Semakin optimalnya pelaksanaan tugas Dewan Pembina FPMMI Nasional dan FPMMI Provinsi. Terwujudnya sinergisitas program kerja dan kegiatan antar Kementerian/Lembaga terkait dalam rangka mengembangkan kehidupan ekonomi dan sosial budaya masyarakat Melanesia; dan Menghasilkan rumusan saran tindak lanjut serta rekomendasi dari masing-masing anggota Dewan Pembina Nasional FPMMI dan Kementerian/Lembaga terkait," tutup Didi. 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembantarannya Dicabut, Romahurmuziy Kembali Mendekam di Rutan KPK

Posted: 02 May 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencabut pembantaran tersangka kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) Romahurmuziy alias Romi.

Kini mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu kembali mendekam di Rumah Tahanan (Rutan) KPK, pada Kamis, 2 Mei 2019 malam.

"KPK membawa RMY (Romahurmuziy) kembali ke rutan tadi malam," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (3/5/2019).

Febri mengatakan, pembantaran Romy dicabut usai tim dokter dan pihak Rumah Sakit Polri menyimpulkan tak lagi ada alasan perawatan untuk Romi di RS Polri.

"Setelah dokter atau pihak RS simpulkan tidak perlu rawat inap lagi, pembantaran dicabut," kata Febri.

Romy dibantarkan di RS Polri sejak 2 April 2019 lalu. Menurut Febri, kondisi Romi kini sudah baik-baik saja. Saat disinggung soal penyakit yang menderita Romi, Febri tak bersedia menjawab.

"Tadi bisa berjalan, sudah sarapan dan melakukan kegiatan lain. Obat-obat yang diberikan pihak RS sudah dikonsumsi," kata Febri.

Romi Akan Diperiksa Lagi sebagai Tersangka

Mantan Ketum PPP, Romahurmuziy memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (22/3). Rommy menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait seleksi jabatan di Kementerian Agama Jawa Timur. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dengan pencabutan pembantaran tersebut maka KPK akan segera memeriksa kembali Romi sebagai tersangka. Pemeriksaan dilakukan agar berkas perkaranya segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.

"Nanti jika dibutuhkan pemeriksaan oleh Penyidik, tentu akan diagendakan," kata dia.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Frankfurt Tahan Chelsea, Ini Alasan Sarri Cadangkan Hazard

Posted: 02 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Frankfurt - Chelsea tampil dengan komposisi pemain yang cukup mengejutkan saat berjumpa Eintracht Frankfurt di leg pertama semifinal Liga Europa, Jum'at (3/5) dini hari WIB. Pada laga ini, Chelsea tidak memainkan Eden Hazard sejak menit awal.

Meskipun tidak memainkan Eden Hazard sejak menit awal, Chelsea tetap mampu tampil agresif. Bahkan, pada menit ke-45, The Blues mampu mencetak gol lewat Pedro. Gol tersebut membalas gol dari Luka Jovic pada menit ke-23.

Dengan hasil imbang 1-1, Chelsea tentu saja sangat diuntungkan. Sebab, laga leg kedua akan digelar di Stamford Bridge pada pekan depan. Chelsea punya peluang lolos ke final lebih besar dibanding Eintracht Frankfurt.

Lantas, apa alasan Eden Hazard harus dicadangkan? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri, berkata bahwa ada dua alasan di balik keputusannya mencadangkan Eden Hazard. Menurutnya, pemain asal Belgia butuh waktu untuk istirahat dan tidak sedang berada dalam kondisi terbaiknya secara fisik.

"Saya rasa ini adalah pertandingan ke-59 untuk Hazard dan dia bermain delapan kali untuk timnas. Bagi seorang pemain, tidak mungkin mereka memainkan 70 sampai 75 laga dalam satu musim," buka Sarri dikutip dari BT Sports.

Selain itu, manajer berusia 61 tahun tersebut juga punya alasan lain. Alasan tersebut yakni ingin memberi efek kejut. Sarri berharap agar masukknya Hazard pada babak kedua bisa mengubah jalannya pertandingan.

"Eden Hazard bisanya mengubah laga saat masuk dari bangku cadangan. Bagi saya, lebih baik memulai laga dengan Willian dan kami mencoba dengan Eden Hazard pada 30 menit akhir laga," paparnya.

Pendekatan Khusus

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, memiliki alasan mencadangkan Eden Hazard saat melawan tuan rumah Frankfurt. (AP/Rui Vieira)

Mauruzio Sarri menambahkan bahwa kasus dicadangkannya Eden Hazard adalah hal biasa. Itu bisa terjadi pada setiap pemain, bahkan pemain penting. Sarri juga tidak merasa perlu membuat satu pendekatan khusus untuk 'memarkir' sang kapten.

"Biasanya saya tidak bicara lebih dulu saat ingin mendatangkan pemain. Eden Hazard adalah pemain, mungkin dia yang terbaik, tapi tetap saja pemain. Dia tetap di ruang ganti dan bercanda seperti biasanya," paparnya.

Mainkan Willian

Pada laga melawan Eintracht Frankfurt, Chelsea memulai laga dengan memainkan Willian. Pada menit ke-61, pemain asal Brasil itu ditarik keluar. Eden Hazard kemudian masuk sebagai pengganti dan bermain hingga laga usai.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pengusaha Setuju Kirim Barang dari Bandara Kertajati

Posted: 02 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bandara Kertajati bersiap menjadi pusat pengiriman barang melalui udara, terutama yang bernilai tinggi (high value). Ide layanan baru di bandara ini muncul dalam focus group discussion yang merupakan inisiatif dari kantor bea cukai Cirebon yang berlangsung Kamis (2/5/2019).

"Ada beberapa ratus pengusaha berkumpul, mereka sepakat bahwa mau mengirimkan barang yang selama ini lewat Soekarno-Hatta, lalu lewat Kertajati," ujar Direktur Operasional dan Pengembangan PT Bandara Internasional Jawa Barat BIJB), Agus Sugeng Widodo, kepada Liputan6.com, seperti ditulis Jumat (3/5/2019).

Bandara kebanggaan Jawa Barat ini menjadi pilihan sebab pengiriman lewat Jakarta kerap terhambat kemacetan di daerah Karawang dan barat Bekasi. Pengiriman lewat Bandara Kertajati dinilai jauh lebih murah dan cepat karena terhindar dari kemacetan tersebut.

Agus bahkan mengungkap ada enam maskapai asing yang hadir dalam acara diskusi dan mendukung rencana ini. Maskapai tersebut, antara lain Singapore Airlines, Qatar Airways, dan Emirates.

"Mereka antusias untuk kemudian membawa kargo lewat Kertajati, terutama karena pengusaha jasa pengiriman merasa kesulitan akibat macetnya di daerah Karawang dan Bekasi Barat," tutur Agus.

Rencana ini ditargetkan terlaksana mulai Juni mendatang. Harapannya, Bandara Kertajati yang kini sepi bisa lebih ramai karena besarnya potensi sebagai lokasi pengiriman barang.

Agus pun menegaskan jika pengelola Bandara Kertajati bersama pemerintah berkomitmen memudahkan segala unsur pengiriman barang lewat bandara itu. Meski segala proses akan terlaksana tanpa melanggar aturan yang berlaku.

Beroperasi Juni, Layanan Kargo di Bandara Kertajati Lebih Murah dari Soetta

Penerbangan komersial perdana Maskapai Citilink di Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Meski masih sepi pengunjung, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati Majalengka mengaku masih terus melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerja dalam operasional baik fisik maupun nonfisik.

Salah satunya membuka pelayanan angkutan kargo pada Juni mendatang. Direktur Operasi dan Pengembangan Bisnis BIJB Kertajati Majalengka Agus Sugeng Widodo mengatakan telah membangun gudang kargo seluas 4.500 meter persegi.

Gudang tersebut untuk melayani angkutan kargo baik domestik dan internasional. "Bulan Mei ini kita masih proses menyiapkan dan evaluasi semua sebelum nanti bulan Juni layanan kargo bisa beroperasi," kata Agus usai kegiatan FGD di Aula KPP Bea dan Cukai Cirebon, Kamis (2/5/2019).

Dia mengatakan, kemungkinan rute kargo yang akan dilayani adalah Kertajati-Surabaya. Dia mengakui, dari 11 rute penerbangan yang sempat beroperasi, hanya rute penerbangan Kertajati-Surabaya yang masih berjalan.

‎Agus mengatakan, saat ini BIJB tengah berupaya maksimalisasi penerbangan haji, umrah, dan kargo. Dia berharap, dibukanya operasional kargo dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap operasional BIJB Kertajati Majalengka.

"Kami yakin bea cukai akan menginstruksikan pengusaha untuk menggunakan BIJB," ucap Agus.

Dalam layanan kargo ini, pengelola bandara membutuhkan administrasi yang saling terintegrasi. Sebab, pelayanan angkutan kargo membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu. "Pembayarannya juga nanti by system," kata dia.

Lebih Murah

Agus mengatakan, saat ini pengelola bandara tengah mencari formula untuk menjamin pelayanan angkutan kargo di BIJB lebih murah dibandingkan dengan Bandara Soekarno-Hatta.

Menurutnya, jarak dan harga yang terjangkau menjadi alasan pengusaha untuk menggunakan BIJB. Namun, hingga saat ini, dia belum menyebutkan rincian perbandingan harga kargo di BIJB Kertajati dengan bandara lainnya.

"Ini sedang kita bahas bagian mana yang membuat harga tinggi, pasti kita turunkan," kata dia.

Kepala KPP Bea dan Cukai Cirebon Agung Saptono berharap seluruh intansi yang terlibat tidak mengedepankan ego sektoral. Menurut dia, perlu ada formula baru khususnya birokrasi agar lebih memudahkan pengoperasian pelayanan angkutan kargo.

"Ini bisnis kargo, jadi harus cepat dan singkat. Maka perlu implementasi yang lebih mudah," kata Agung.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Peran Tertukar Ini Kocaknya Bikin Auto Ngakak

Posted: 02 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap hal di dunia ini sudah memiliki tugas dan peranannya masing-masing. Seperti tugas polisi yang membantu mengamankan lalu lintas, tugas murid untuk giat belajar dan lain sebagainya. 

Selain memiliki peran yang berbeda pada setiap profesinya, biasanya pada setiap profesi yang sedang dijalanin memiliki atribut atau pakaian khusus sebagai sebuah identitas. Misalnya driver ojek online, dengan jaket warna hijau yang menyala serta helm yang khas. Atau polisi dengan seragam cokelat dan beberapa atribut yang melengkapinya. 

Namun, rupanya tidak semua peranan yang ada dijalankan oleh sebagaimana mestinya. Beberapa warganet mengabadikan momen yang tertukar ini. Penasaran kan momen tertukarnya seperti apa?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com tampilkan 7 momen tertukar peran ini kocaknya bikin auto ngakak, Jumat (3/5/2019) 

 

1. Jadi yang benar yang mana nih pak?

Momen tertukar (Sumber: Instagram/awreceh.id)

2. Kalau ini so sweet deh, ciye ciyeee

Momen tertukar (Sumber: Instagram/awreceh.id)

3. Pasti adiknya takut telat masuk sekolah nih!

Momen tertukar (Sumber: Instagram/dramaojol_id)

4. Kayak ada yang salah, hmmm

Momen tertukar (Sumber: Instagram/meme.comik.indonesia)

5. Balas budi dari hewan peliharaan

Momen tertukar (Sumber: Instagram/meme.comik.indonesia)

6. Contoh teman yang tidak baik hati

Momen tertukar (Sumber: Instagram/meme.comik.indonesia)

7. Mungkin lagi belajar naik sepeda motor~

Momen tertukar (Sumber: Instagram/awreceh.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Hujan Uang di Jalanan Tasikmalaya

Posted: 02 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jalanan di daerah Tasikmalaya sampai-sampai terganggu karena puluhan warga berebut 'hujan uang'. Seorang pengusaha pasir kaya raya bernama Endang adalah sosok dibalik peristiwa ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Vanessa Angel Minta Hakim Buka Rekaman CCTV Hotel

Posted: 02 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Terdakwa kasus dugaan pornografi, Vanessa Adzania alias Vanessa Angel, kembali menjalani sidang dengan agenda tanggapan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nur Laila dari Kejati Jatim, atas Nota Keberatan (Eksespi) kuasa hukum terdakwa, Abdul Malik, yang digelar tertutup di ruang sidang Garuda 1, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Kamis (2/5/2019).

Usai persidangan, JPU Nur Laila saat ditemui awak media tidak banyak berkomentar terkait jalannya sidang tertutup tersebut. Dirinya hanya menyampaikan bahwa JPU tetap pada tuntutan. "Intinya JPU tetap pada dakwaan. Selebihnya saya tidak berani berkomentar," tutur JPU Nur Laila.

Terpisah, Abdul Malik, ketika ditemui menyampaikan saksi Herlambang harus dihadirkan selain Ryan Subroto. Karena Herlambang-lah orang yang mentransfer muncikari untuk membayar Vanessa Angel.

"Karena ini perkara pidana, saya harapkan hakim yang aktif untuk mengatakan Herlambang harus dihadirkan selain Ryan. Karena Herlambang yang transfer ke muncikari," katanya.

Abdul Malik juga menyarankan agar majelis hakim mengadakan Peninjauan Setempat (PS). Dirinya meminta adanya keterbukaan dengan membuka CCTV hotel di tempat kejadian perkara.

Peralihan Penahanan

(Instagram/vanessaangelofficial)

Lebih lanjut, Malik mengatakan dirinya saat ini sedang mengajukan peralihan penahanan. Pengajuan tersebut didasari oleh karena saat ini Vanessa Angel mengalami sakit sinusitis. "Saya sedang mengajukan peralihan penahanan. Karena Vanessa saat ini kondisinya sakit," ucap Malik

Saat ditanya terkait beredarnya kabar status Ryan sebagai DPO, Malik mengatakan tidak ada. "Ryan itu enggak ada. Vanessa sendiri mengatakan nama Ryan itu enggak ada. Itu bohong-bohongan semua. Fiktif itu. Oleh karena itu kami mau mendampingi," ujar Malik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sony Rilis Kamera Aksi dengan Layar Putar, Cocok untuk Vlogging

Posted: 02 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sony baru saja merilis seri kamera action (kamera aksi) terbarunya, yakni RX0 II. Kehadiran kamera aksi ini menandakan kembalinya Sony di bisnis kamera aksi setelah dua tahun tidak meng-upgrade RX0.

Dilasir The Verge pada Jumat (3/5/2019), RX0 II punya fitur yang terbilang unik karena memiliki layar flip-up yang bisa diputar 180 derajat.

Dengan kemampuan layar yang bisa diputar ini, Sony mengklaim RX0 II cocok untuk pengguna yang suka vlogging karena mereka pasti butuh kamera mungil yang bisa masuk ke dalam saku, tetapi masih bisa mengambil video dengan berkualitas tinggi dan layarnya bisa diputar agar dapat merekam wajah sendiri.

RX0 II dibanderol seharga Rp 10 jutaan. Memang, untuk sekelas kamera aksi, harga tersebut tentu terbilang tinggi. Namun, bila kamu kulik lebih dalam spesifikasinya, RX0 II rasanya pantas diberikan harga setinggi itu.

 

Spesifikasi RX0 II

Foto: ride.io

RX0 II dibekali dengan beberapa sensor, yaitu sensor yang beresolusi 15,3MP dan dilengkapi dengan prosesor BIONZ X serta ISO 80-12800.

Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan fitur tahan air hingga 10 meter, antidebu, tahan goncangan, dan tahan tekanan.

Kamera juga dilengkapi kemampuan untuk merekam video yang beresolusi 4K pada 30 fps (frame per second), termasuk jack mikrofon, dan memiliki fitur stabilisasi elektronik ketika digunakan dalam genggaman.

Adapun mode lain yaitu slow-motion mode yang dapat merekam modus lambat hingga 1.000 fps. Kamera ini juga didukung dengan fitur S-Log2 untuk lebih fleksibel dalam proses pasca perekaman.

Sony RX0 II kabarnya sudah dijual mulai April 2019 dengan kisaran harga Rp 10 jutaan. Adapun Amerika Serikat (AS) akan menjadi negara pertama yang kebagian kamera tersebut.

(Shintya Alfian/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abraham Samad Minta Pimpinan KPK Tak Loyo Tuntaskan Konflik Internal

Posted: 02 May 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad kembali memberi perhatian terhadap konflik di lembaga antirasuah. Dia meminta Agus Rahardjo cs yang kini memimpin KPK agar segera menyelesaikan konflik internal di lembaganya.

"Di dalam diskusi nanti kita ingin memberikan support ya, sekaligus meminta pimpinan KPK supaya tidak takut dan tidak loyo untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sedang terjadi di KPK," ujar Abraham Samad di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).

Abraham Samad menyayangkan sikap para pimpinan yang seolah-olah membiarkan internal KPK bergejolak. Gejolak di tubuh KPK sendiri muncul sejak mantan Direktur Penyidikan KPK Aris Budiman membongkar bobroknya internal lembaga antikorupsi itu di hadapan Komisi III DPR pada tahun lalu.

Abraham Samad khawatir, gejolak di internal KPK akan membuat masyarakat tak percaya lagi dengan KPK. Ditambah, munculnya isu tentang pengangkatan 21 penyelidik menjadi penyidik yang dipermasalahkan oleh internal di KPK.

Sehingga muncul petisi yang ditandatangani oleh setidaknya 42 pegawai KPK.

"Kalau pimpinan KPK tidak berani mengambil satu keputusan, maka saya khawatir marwah KPK itu akan dipertanyakan. Padahal kita tahu kekuatan KPK sebenarnya terletak pada kepercayaannya, trust dari masyarakat," kata Abraham.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Usut Kasus Novel Baswedan

Mantan Ketua KPK Abraham Samad (tengah) memberi keterangan saat menyambut kedatangan penyidik senior KPK Novel Baswedan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/2). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Selain permasalahan petisi tersebut, dalam pertemuan dengan pimpinan KPK kali ini, Abraham Samad juga meminta agar Agus Rahardjo cs tegas terhadap kasus penyerangan air keras yang menimpa penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

Abraham Samad sendiri diketahui sebagai salah satu pihak yang mendorong pembentukan tim gabungan pencari fakta (TGPF) kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan ini.

"Karena kita tahu kalau KPK terus terganggu dengan problem-problem internalnya, itu akan mempengaruhi kinerja KPK itu sendiri, sebenarnya itu intinya. Oleh karena itu kita mendorong agar permasalahan-permasalahan yang terjadi di internal KPK itu harus segera diselesaikan, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

43 Calon Pekerja Migran Ilegal Diamankan di Condet

Posted: 02 May 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kementerian Ketenagakerjaan mendapati 43 calon pekerja migran Indonesia yang terindikasi non prosedural saat sidak di perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia (P3MI) PT ASR di Jalan Batu Sari II Nomor 74 Condet, Jakarta Timur. Kemnaker menyebutkan keseluruhan calon pekerja migran adalah perempuan yang mayoritas berasal dari daerah Jawa Barat. 

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, 12 orang calon pekerja migran mengaku akan diberangkatkan ke Arab Saudi. Sementara, sebanyak 31 lainnya akan ditempatkan ke Malaysia sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT). PT ASR juga tidak dapat menunjukkan dokumen penempatan sesuai ketentuan yang berlaku. 

Setelah diamakan, 43 calon pekerja migran tersebut dibawa ke Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC) Kementerian Sosial, Bambu Apus, Jakarta untuk diberikan pengarahan dan selanjutnya akan dipulangkan ke daerah asal masing-masing. 

Sidak di PT ASR ini berawal dari laporan masyarakat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bandung Barat kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

"Akan mendalami indikasi penempatan secara non prosedural, terutama bagi calon pekerja migran yang akan diberangkatkan ke Malaysia. Sedangkan untuk calon pekerja migran yang akan diberangkatkan ke Arab Saudi dapat dipastikan non prosedural," kata Kasubdit Perlindungan TKI Kemnaker, Yuli Adiratna, seperti dikutip Antara, Jumat (3/5/2019).  

Pekerja Migran Indonesia ke Timur Tengah Dilarang

Ilustrasi imigran. (AP Photo/Gregorio Borgia)

Sementara itu, Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Eva Trisiana menjelaskan, penempatan PMI ke Timur Tengah tetap dilarang dan ditutup sesuai Kepmenaker No. 260 Tahun 2015. Yaitu tentang penghentian dan pelarangan penempatan TKI pada pengguna perseorangan di negara kawasan Timur Tengah.

Untuk menghindari pemahaman keliru ke masyarakat menyusul disepakatinya kerja sama Sistem Penempatan Satu Kanal (one channel system) Pekerja Migran Indonesia antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi merupakan pola baru penempatan pekerja migran melalui satu sistem di bawah kontrol langsung pemerintah. SPSK ini dilakukan dengan jumlah dan waktu terbatas serta hanya dapat dilakukan oleh P3MI yang terseleksi.

Penempatan PMI terbatas hanya untuk enam profesi saja, yaitu baby sitter, family cook, elderly caretaker, family driver, child careworker, housekeeper dengan daerah penempatannya pun terbatas hanya di Jeddah, Madinah, Riyadh, Damam, Qobar dan Dahran. 

"Pastikan bahwa penempatan PMI keluar negeri melalui Dinas Ketenagakerjaan atau Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Kabupaten/Kota setempat," kata Eva. 

 

Reporter:  Raynaldo Ghiffari Lubabah

Sumber: Merdeka

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mark Hamill Kenang Sisi Baik Peter Mayhew, Sang Raksasa Berhati Lembut

Posted: 02 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Deretan aktor dan sineas Star Wars tengah dilanda duka. Pemeran Chewbacca, Peter Mayhew, meninggal dunia di usia yang ke-74. Salah satu yang ikut bersedih adalah pemeran Luke Skywalker, Mark Hamill.

Mark Hamill yang tampil bersama Peter Mayhew di tiga film klasik Star Wars, membuka kembali sisi baik yang dimiliki salah satu rekannya itu.

"Dia adalah pria besar, raksasa paling lembut dengan hati yang lebih besar yang tidak pernah gagal membuat saya tersenyum," ujar Mark Hamill, dalam cuitannya di Twitter, seperti disampaikan Variety, Kamis (2/5/2019).

Mark Hamill pun turut menyebut bahwa Peter Mayhew adalah sosok teman yang setia. Sehingga, ia bersyukur bisa mendapat kenangan bersama Mayhew. Hamill juga mengaku jadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya usai mengenal Mayhew.

Duka Harrison Ford dan Aktor Lain

Harrison Ford sebagai Han Solo dan Peter Mayhew sebagai Chewbacca di Star Wars: The Force Awakens.

Selain Mark Hamill, Harrison Ford juga turut mengenang kebaikan-kebaikan Mayhew semasa hidup. Joonas Suotamo yang menjadi pemain pengganti Mayhew sebagai Chewbacca di film The Force Awakens (2015), ikut merasakan sedih ditinggal aktor legendaris itu.

Pemeran Lando Calrissian, Billy Dee Williams juga ikut berduka dengan mengungkapkan kepedihan dalam hatinya. Begitu juga dengan pencipta Star Wars, George Lucas yang menyebutkan bahwa Peter Mayhew adalah sosok yang sangat luar biasa.

Jejak Karier Peter Mayhew

Peter Mayhew (Twitter: @TheWookieeRoars)

Peter Mayhew pertama kali tampil sebagai Chewbacca dalam Star Wars: A New Hope yang rilis pada 1977 dan kembali dalam Star Wars: The Empire Strikes Back (1980) dan sekuelnya, Return of the Jedi (1983).

Terakhir kali, ia tampil dalam Star Wars: The Force Awakens (2015). Joonas Suotamo menggantikan posisinya dalam film The Last Jedi (2017) dan Solo: A Star Wars Story (2018).

Belum diketahui pasti penyebab Peter Mayhew meninggal dunia. Namun, belakangan pemeran Chewbacca yang ikonis itu tengah jatuh sakit.

Kabarnya, Peter Mayhew meninggal dengan tenang di sisi keluarga. Saat menutup mata, ia ditemani istri dan tiga anaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi, Sang Dewa Sepak Bola

Posted: 02 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Manajer Tottenham Hotspur, Maurcio Pochettino memberikan pujian setinggi langit untuk megabintang Barcelona, Lionel Messi. Baginya, Messi merupakan salah satu dewa sepak bola.

Messi menunjukkan aksi menawan dalam laga kontra Liverpool dini hari kemarin. Lionel Messi mencetak gol kedua Barca di menit ke-75 memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Luis Suarez yang masih membentur mistar gawang.

Hanya tujuh menit berselang, La Pulga menunjukkan magisnya ketika tendangan bebas sensasional yang ia lepas meluncur mulus ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau Alisson Becker.

Penampilan penuh determinasi yang diperlihatkan Lionel Messi pun mendapat pujian dari Pochettino. Menurutnya, Messi layak disebut sebagai dewa sepak bola.

"Apa yang bisa saya katakan tentang Lionel Messi lebih dari yang saya atau orang lain pernah katakan? Dia salah satu dewa sepak bola," ujar Pochettino seperti dikutip Goal International.

"Sungguh luar biasa, hasrat dan kemampuannya ketika membawa bola dan ketika bola tidak berada di kakinya," tambahnya.

 

Semangat Messi

Pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, memuji penampilan Lionel Messi saat membantu Barcelona mengalahkan Liverpool 3-0 di Camp Nou. (AFP Photo/Miguel Medina)

Spurs yang kalah 0-1 leg pertama semifinal kontra Ajax Amsterdam berharap bisa membalikkan keadaan di partai leg kedua pekan depan. Pochettino pun mendesak timnya untuk meniru semangat Messi agar bisa lolos ke final.

"Tentu saja, jika kami bermain seperti dia, tentu kami akan memiliki kesempatan [lolos]. Namun tidak seperti ketik dia membawa bola, tapi seperti dia ketika tidak sedang membawa bola," tutur Pochettino.

Kunci Utama

"Jika kami bermain seperti dia tanpa bola, menunjukkan hasrat seperti yang ia tunjukkan kemarin, tentu kami akan memiliki peluang untuk lolos ke final. Jika tidak, maka tidak akan ada peluang," tegasnya.

"Itulah kunci utamanya dan sangat menyakitkan, di semifinal lain ketika Anda melihat hasrat dan motivasi Messi seraya berkata, 'Mengapa kita tidak termotivasi sama seperti dia?'" tukasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Macet-macetan Kini bisa Menghasilkan Uang

Posted: 02 May 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Coventry - Kemacetan yang harus Anda hadapi setiap hari tentu membuat jengkel dan menghabiskan waktu. Pengguna jalan biasanya lebih rajin mencari informasi lalu lintas dibanding memberikan informasi lalu lintas melalui smartphone.

Tapi rupanya, pabrikan mobil asal Inggris, kini tengah berinovasi terkait hal ini. Dilansir Carscoops, Jaguar Land Rover merilis teknologi Smart Wallet untuk membayar para pengemudi yang memberikan informasi jalan.

Menurut JLR, kini mereka sedang menguji layanan tersebut, supaya bisa secara otomatis berbagi informasi kondisi jalan, seperti kondisi lalu lintas dan lubang jalan. Dengan membagikan kondisi jalan, pengemudi bisa menerima uang melalui cryptocurrency.

Nantinya, para pengemudi juga akan menerima cryptocurrency ini secara otomatis untuk pembayaran tol dan tarif parkir. Bahkan, pemilik JLR bisa menggunakan cryptocurrency buntuk membayar biaya isi ulang mobil listrik atau plug-in hybrid vehicle (PHEV).

 

Selanjutnya

Belum diketahui berapa nominal yang akan diterima, tapi JLR sudah bekerja sama dengan IOTA Foundation untuk sistem pembayaran dan penerimaan dana. Saat ini teknologi yang tengah diuji di Irlandia itu, sudah disematkan untuk Jaguar F-Pace dan Range Rover Velar.

Terlihat jelas bahwa layanan ini bakal keuntungan bagi pemilik ataupun pengemudi. Tapi, bagi JLR, ini adalah strategi Zero Destination, yang bertujuan untuk mencapai nol emisi, nol kecelakaan, dan nol kemacetan.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BRI Siapkan Layanan Terbaik Bagi Kementerian Pertahanan RI

Posted: 02 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, bersama Pusat Pelaporan dan Pembinaan Keuangan Pertahanan kembali memperkuat kerjasama dalam bidang penyediaan layanan pembayaran gaji pegawai dan jasa-jasa perbankan di lingkungan Puslapbinkuhan Kementerian Pertahanan RI.

Bank BRI dan Puslapbinkuhan Kemhan sepakat melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penyediaan Layanan Pembayaran Gaji Pegawai di Lingkungan Puslapbinkuhan Kemhan, yang ditandatangani oleh Direktur Hubungan Kelembagaan BRI Bapak Sis Apik Wijayanto dan Marsekal Pertama TNI Danang Hadiwibowo, S.E.,M.M. disaksikan oleh Komandan Lanud Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama TNI Hesly Paat bertempat di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang (02/05).

"Kerjasama ini merupakan salah satu komitmen BRI untuk memberikan layanan perbankan yang prima bagi Kementerian Pertahanan RI," kata Sis Apik Wijayanto.

 

Perjanjian Kerjasama tentang Penyediaan Layanan Pembayaran Gaji Pegawai di Lingkungan Puslapbinkuhan Kemhan.

BRI tidak hanya memberikan fasilitas layanan pembayaran gaji pegawai tetapi juga memberikan fasilitas tambahan bagi karyawan yang berada dilingkungan Kementerian Pertahanan RI melalui tabungan Britama BRI serta fasilitas pinjaman kepada pegawai dengan suku bunga yang kompetitif.

Fasilitas pinjaman yang dapat dinikmati oleh para pekerja di lingkungan Kementerian Pertahanan RI di antaranya adalah BRIGUNA, KPR BRI, dan KKB BRI. Tambah lagi, BRI juga memberikan proteksi asuransi secara gratis kepada pegawai di lingkungan Kementerian Pertahanan RI pemegang tabungan Britama BRI berupa fasilitas Personal Accident tabungan Britama. BRI juga memberikan layanan pengelolaan Dana Pensiun Lembaga Keuangan bagi pegawai untuk kesejahteraan pegawai setelah pensiun.  

"Kami berharap, kerjasama ini dapat meningkatkan potensi bisnis Bank BRI dan memberi kemudahan dalam layanan perbankan kepada Kementerian Pertahanan RI," tutup Sis Apik Wijayanto.

Informasi mengenai Bank BRI dapat di akses melalui situs www.bri.co.id

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perdebatan Apa Warna Sepatu dan Talinya Ini Bikin Netizen Bingung

Posted: 02 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melihat suatu warna benda, memang terkadang bisa berbeda tiap individu. Apalagi individu tersebut mengalami buta warna, yang menjadikan perbedaan mencolok terhadap mata yang normal.

Beberapa waktu lalu, pernah terjadi suatu perdebatan tentang warna gaun. Padahal warna gaun tersebut aslinya adalah hitam dan biru. Namun ada yang melihat bahwa warna gaun tersebut berwarna putih dan emas.

Sungguh perbedaan yang sangat jauh sekali antara hitam-biru dan putih-emas. Namun kejadian ini kembali terjadi dan sempat menjadi viral. Bahkan situs BuzzFeed mengadakan jejak pendapat terhadap 1.5 juta pengguna internet untuk mengetahui perbandingan perbedaan penglihatan ini.

Nah, baru-baru ini muncul lagi hal serupa. Sebuah sepatu dan talinya yang diunggah dalam media sosial. Warna aslinya pun diperdebatkan netizen, hal ini cukup ramai dan membuat para netizen bingung. Berikut ulasan mengenai perdebatan tentang warna sepatu yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/5/2019).

Pink-Putih atau Abu-Abu-Tosca?

 

Gambar ini diunggah oleh akun Twitter @JetVeetlev, Kamis (2/3/2019) yang sampai kini masih banyak tanggapan yang datang dari netizen.

Awalnya dari yang mengunggah gambar ini memberikan kometar "Abu ijo kan yah," ungkap @JetVeetlev.

Namun hal ini pun disusul komentar dari netizen bahwa warna sepatu itu Pink dan Putih. Banyak netizen yang saling berdebat soal warna asli sepatu dan talinya itu. Pasalnya tak sedikit yang melihat sepatu itu warna abu-abu-hijau tosca dan juga pink-putih.

Unggahan gambar sepatu ini pun lantas menjadi viral karena terus diperdebatkan netizen. Bahkan hingga kini masih belum tahu warna asli dari sepatu dan talinya tersebut. 

Kalau kamu, lihatnya warna apa?

Komentar Netizen

Perdebaran pink putih atau abu-abu Hijau (Sumber: Twitter/jetveetlev)

Perdebatan ini pun tak hanya debat antar pengguna Twitter saja. Di dunia nyata ada pula yang saling bertanya kepada saudara dan adiknnya, mengenai warna dari sepatu ini.

"Ade gua bilang abu2 biru. Gua bilang pink putih. Ade gua 5th ngotot banget bilang itu abu2," yang diungkapkan @h_triii.

"gue ngotot ijo abu2 semua orang rumah putih pink," ungkap @mpusssssssss.

Selain berdebat, ada pula yang sampai mencoba metode lain.

"Jadi gini, pas ku lihat siang (di luar cerah) tadi warnanya tosca grey, begitu barusan ku lihat sambil baring, cuma di bawah sinar lampu yg redup, jadi pink sama putih. Gimana yg bener. Pusing aku." ungkap @margarethharan.

Namun ada pula yang menelusuri reply untuk mencari penjelasan ilmiah.

Menunggu penjelasan ilmiah (Sumber: Twitter/jetveetlev)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Liverpool atau Manchester City yang Juara?

Posted: 02 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Perebutan puncak klasemen Liga Inggris musim 2018/19 semakin sengit. Liverpool dan Manchester City pantang terpeleset di dua laga sisa musim ini.

Liverpool saat ini berada di peringkat kedua dengan 91 poin. Pasukan Jurgen Klopp cuma terpaut satu poin dari Manchester City di puncak klasemen Liga Inggris.

Partai pekan ke-37 pun akan sangat krusial bagi kedua tim. Siapapun yang gagal menang harus merelakan gelar juara pergi ke tangan pesaingnya.

Liverpool akhir pekan nanti melakoni laga tandang ke Sports Direct Arena, menyambangi Newcastle United. Fans Liverpool sempat meminta bantuan manajer Newcastle, Rafael Benitez untuk dimudahkan.

Sementara, Manchester City main di rumah sendiri menjamu Leicester City. Di atas kertas, The Citizens diprediksi menang mudah atas Leicester.

Berikut klasemen Liga Inggris selengkapnya.

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemeran Pertama Chewbacca Star Wars Meninggal

Posted: 02 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peter Mayhew, pemeran pertama tokoh Chewbacca meninggal. Rasa duka menyelimuti para pemain dan pengggemar Star Wars.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Celoteh Istri Sandiaga Uno tentang Kerudung Biru

Posted: 02 May 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setia menemani. Begitulah kesan yang tergambar dari sosok istri calon Wakil Presiden Sandiaga Uno, Nur Asia Uno. Dalam banyak kesempatan, keduanya terlihat kompak menghadiri ragam kegiatan. Tak hanya yang berbau politik, tapi juga fashion show.

Ya, pada Kamis, 2 Mei 2019, Sandiaga dan Nur Asia hadir di Annual Show 2019 Menyapa Senja yang dihelat Vanilla Hijab di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Satu yang menarik perhatian adalah jilbab biru yang dipakai perempuan 48 tahun tersebut.

Dalam acara tahunan yang sudah berjalan tiga kali ini bukanlah kesempatan pertama Nur Asia Uno terlihat memakai fashion item tersebut. Menatanya jadi simpul sederhana di bagian belakang, jilbab segiempat itu sepertinya jadi andalan penampilan perempuan yang menikah dengan Sandiaga sejak 1996 tersebut.

Ketika ditanya soal jilbab biru yang dikenakan, Nur Asia menuturkan alasan di balik pemilihan warna tersebut. "Ah ini (jilbab biru). Saya memang suka warna biru. Kesannya seperti meneduhkan begitu ya," katanya usai menyaksikan fashion show yang dihelat Vanilla Hijab di kawasan GBK, Jakarta, Kamis, 3 Mei 2019.

Dengan kesan yang ditangkap, tak heran Nur Asia Uno mengandalkan model dan warna jilbab ini di banyak kesempatan. Dalam sederet unggahan di akun Instagram-nya, @nurasiauno, selain biru, beige dan mint juga cukup sering dipilih sebagai warna hijabnya.

Suka Produk Lokal

Sandiaga Uno dan istri, Nur Asia, hadiri Annual Show 2019 Menyapa Senja garapan Vanilla Hijab di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, 2 Mei 2019. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Usai melihat koleksi bertajuk "Kisah" yang dipersembahkan Vanilla Hijab, Sandiaga Uno dan Nur Asia Uno memuji tampilan ragam busana Muslim terdiri dari 30 tampilan tersebut. "Bagus. Bagus sekali," kata Sandiaga.

Hal senada pun disampaikan sang istri. "Saya sangat suka produk lokal. Ini, dari atas ke bawah, semua yang saya pakai lokal. Belum sempat pakai baju yang dikirim Vanilla Hijab karena sedikit kepanjangan, belum dijahit. Tapi, jujur saya suka," tutur Nur Asia.

Ia menambahkan, dengan adanya acara fashion show seperti ini, makin banyak orang sadar bahwa kualitas produk dalam negeri tak kalah dengan keluaran internasional. "Sudah saatnya desainer dalam negeri tampil," ujar Nur Asia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menikah Lagi, Ini Perjalanan Cinta Kontroversial Raja Thailand

Posted: 02 May 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raja Thailand Maha Vajiralongkorn menikahi mantan pramugari Thai Airways, Suthida Vajiralongkorn Na Aydhaya. Pernikahan ini jadi pernikahannya yang keempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus E-KTP, KPK Periksa Markus Nari

Posted: 02 May 2019 09:07 PM PDT

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari (kanan) dikawal petugas saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari (kanan) dikawal petugas saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari (kanan) dikawal petugas saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari (kanan) dikawal petugas saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi Golkar nonaktif Markus Nari tiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Markus Nari diperiksa untuk pelengkapan berkas terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Kementerian Agraria dan BPN Percepat Penyelesaian Sengketa Tanah

Posted: 02 May 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta Badan Pertanahan Nasional segera menyelesaikan permasalahan sengketa tanah di lingkungan masyarakat. Jokowi menyebut, dari laporan yang diterima sengketa tanah masih terjadi baik antara rakyat dengan perusahaan swasta, rakyat dengan BUMN maupun rakyat dengan pemerintah.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencontohkan sengketa tanah antara rakyat dengan PT Perkebunan Nusantaracyang masih terjadi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Saya kira ini bukan hanya di Kampar saja tapi hampir di semua kabupaten kejadian-kejadian itu ada semuanya. Saya minta diselesaikan, diselesaikan secepat-cepatnya, dituntaskan agar rakyat memiliki kepastian hukum, ada rasa keadilan," ujar Jokowi dalam rapat terbatas Percepatan Penyelesaian Masalah Pertanahan di Kantor Presiden Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Jokowi juga mengingatkan mengenai penggunaan konsesi lahan. Dia menekankan BUMN maupun swasta harus memberikan konsesi lahan kepada masyarakat yang telah lama menetap di sekitar kawasan tersebut.

Jika BUMN maupun swasta menolak menyerahkan konsesi lahan kepada masyarakat, Jokowi meminta kementerian atau lembaga terkait segera mengambil sikap.

"Saya sampaikan kalau yang diberi konsesi sulit-sulit cabut konsesinya. Saya sudah perintahkan ini cabut suruh konsesinya tegas," kata dia.

Kebijakan Satu Peta

Mantan Wali Kota Solo ini melanjutkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta Badan Pertanahan Nasional harus memperhatikan implementasi kebijakan satu peta. Program sertifikasi tanah untuk rakyat juga diminta agar terus dilanjutkan.

"Program sertifikasi tanah untuk rakyat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dari 5 juta, tujuh juta, kita harapkan di 2024 2025 sertifikat di seluruh tanah air akan selesai semuanya," ujar Jokowi.

Dalam rapat terbatas kali ini, sejumlah menteri Kabinet Kerja hadir. Mereka di antaranya Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Reporter: Titin Supriatin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Harga Outfit Warga Desa Ini Bikin Senyum, Hypebeast Kearifan Lokal

Posted: 02 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat heboh dengan dengan kanal YouTube Yoshiolo di mana kerap menghadirkan konten YouTube 'Berapa Harga Outfit Lo'. Tak mau kalah dengan Yoshiolo yang selalu membahas fashion yang hypebeast, komika Sadana Agung juga mencoba membagikan cerita tentang harga outfit yang tak kalah hypebeast namun versi kearifan lokal.

Hypebeast sendiri merupakan istilah fashion yang sering muncul di media sosial. Di mana istilah tersebut merujuk kepada orang-orang pakai busana branded yang harganya jutaan hingga miliaran rupiah. 

Gaya hidup hypebeast ini malah digandrungi oleh para remaja dan orang dewasa di rentang usia 20-an atau bahkan lebih muda lagi. Terlepas dari berapa usianya, namun ketika melihat orang memakai pakaian berharga mahal tentu bakal bikin bingung. Hal ini jugalah yang dilakukan oleh komika Sadana Agung.

Bedanya, Sadana Agung lebih memilih orang-orang yang ditanyakan outfit tersebut bukanlah dari mereka yang anak gaul. Namun orang-orang yang desa yang sedang mengadakan acara dangdutan di daerah itu.

Berikut Liputan6.com rangkum 5 harga outfit warga desa yang bikin senyum, Jumat (5/3/2019).

1. Dimulai dari outfit yang dipakai oleh Sadana Agung sendiri, untuk terlihat lebih mahal ia memakai helm warna pink.

Harga Outfit Warga Desa Ini Bikin Senyum, Hypebeast Kearifan Lokal (sumber:YouTube/Sadana Agung S)

2. Pria dari Desa Deresan ini memakai kacamata seharga Rp 750 ribu. Mantap!

Harga Outfit Warga Desa Ini Bikin Senyum, Hypebeast Kearifan Lokal (sumber:YouTube/Sadana Agung S)

3. Tak lupa pula untuk mendukung brand lokal dengan sandal yang etnik banget.

Harga Outfit Warga Desa Ini Bikin Senyum, Hypebeast Kearifan Lokal (sumber:YouTube/Sadana Agung S)

4. Jam tangan super mewah dengan harga super miring, cukup dengan Rp 35 ribu saja.

Harga Outfit Warga Desa Ini Bikin Senyum, Hypebeast Kearifan Lokal (sumber:YouTube/Sadana Agung S)

5. Sepatu dengan harga promo salah satu alternatif anak desa yang hypebeast banget.

Harga Outfit Warga Desa Ini Bikin Senyum, Hypebeast Kearifan Lokal (sumber:YouTube/Sadana Agung S)

6. Untuk versi lebih lengkapnya, silakan langsung saja ke kanal YouYube Sadana Agung, dijamin kocak banget!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Targetkan Pemberian Santunan KPPS Meninggal Rampung Sebelum 22 Mei

Posted: 02 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini mulai menyalurkan santunan kepada keluarga anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal saat Pemilu 2019. Berdasarkan data KPU, anggota KPPS yang meninggal dunia dalam menjalankan tugas demokrasi sebanyak 409 jiwa.

Ketua KPU, Arif Budiman mengatakan, pemberian santunan kepada ahli waris akan dilakukan secepat mungkin. KPU menargetkan, pemberian santunan rampung sebelum batas akhir rekapitulasi nasional pada 22 Mei 2019.

"Segera diberikan, kalau bisa jauh sebelum tanggal 22 (Mei)," ujar Arief usai mengunjungi kediaman Umar Madi, Ketua KPPS TPS 68 Sukabumi Selatan, Jakarta Barat, Jumat (3/5/2019).

Arief menegaskan, pemberian santunan secara cepat bukan berarti tak mengindahkan detilnya. Ia menjelaskan, pihaknya tetap berhati-hati mendata para anggota KPPS yang meninggal, mulai dari verifikasi surat keputusan sebagai KPPS dan sifat administrasinya.

Selain itu, KPU juga mendata para ahli waris. Tujuannya agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari usai pemberian santunan.

"Kami betul-betul tidak ingin ada kesalahan yang justru menimbulkan problem belakang hari. Kita akan melengkapi detail verifikasinya, misalnya betul enggak dia penyelenggara Pemilu, dibuktikan dengan SK (surat keputusan)-nya. Kemudian betul enggak dia memang meninggal karena sedang menjalankan tugas kepemiluan, itu nanti akan terlihat semua nanti verifikasi detailnya kita tunggu informasinya," kata Arief menjelaskan.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Libatkan KPU Daerah

Ketua KPU Arief Budiman (ketiga kanan) bersama Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Evi Novida, Viryan Azis, Pramono Ubaid Tanthowi, dan Ilham Saputra (dari kanan) memberikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (14/1). (Liputan6.com/Johantallo)

Sementara jumlah anggota KPPS yang meninggal menembus angka 400 lebih, Arief mengatakan, pihaknya tidak mungkin mendatangi satu per satu keluarga korban. Nantinya, KPUD kabupaten/kota yang akan melakukan verifikasi untuk kepentingan santunan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah dibuat.

"KPU tidak bisa mendatangi langsung satu persatu semuanya, tetapi secara simbolis hari ini kita akan menyerahkan kepada 4 orang penyelenggara pemilu yang meninggal dunia," ucapnya memungkasi.

Sementara berdasarkan data KPU pada Kamis sore 2 Mei 2019, tercatat 3.658 anggota KPPS yang sakit saat bertugas. Sehingga total ada 4.067 anggota KPPS yang tertimpa musibah saat pelaksanaan Pemilu 2019, baik sakit maupun meninggal dunia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib 3 Dokter Spesialis yang Terjerat Korupsi Alat Kesehatan di Pekanbaru

Posted: 02 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru- Tiga dokter terjerat korupsi alat kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad divonis ringan majelis hakim Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru. Ketiganya, masing-masing dr Wally Zulfikar SpB(K)KL, drg Masrial SpBM, dan dr Kuswan Ambar Pamungkas SpBP-RE, divonis kurang dari dua tahun penjara.

Vonis ringan tetap saja membuat dokter korupsi ini tidak puas dan menolak putusan sidang. Melalui kuasa hukumnya, Firdaus Aziz SH, ketiga dokter langsung mengajukan banding.

Firdaus menyebut ada beberapa kejanggalan dalam vonis hakim karena pengadilan tidak menyajikan unsur termasuk kerugian negara. Dalam hal ini, Firdaus mengklaim RSUD Arifin Achmad tidak rugi, tapi justru menyisakan hutang terhadap kliennya.

"Kalau dilihat kerugian negaranya jauh banget. Uang (klien) kita yang belum dibayar saja masih ada, dr Welli itu Rp 217 juta, Masrial Rp 14 juta, dan Kuswan ada Rp 11 juta," ujarnya.

Firdaus juga menyoroti perbedaan pendapat atau dissenting opinion salah satu hakim ketika membacakan putusan terhadap dr Kuswan Ambar. Satu hakim menyatakan kliennya tidak melanggar dakwaan, tapi dua hakim menyatakan sebaliknya.

"Seharusnya kalau ada satu pendapat yang berbeda, yang lainnya juga begitu. Karena poinnya kan sama itu, usai ini langsung disiapkan memori bandingnya," urainya.

Tak hanya tiga dokter, kasus ini juga menjerat Direktur CV Prima Mustika Raya (PMR), Yuni Efrianti. Dia divonis 1 tahun 2 bulan penjara dan diwajibkan membayar denda Rp 50 juta dengan hukuman pengganti 3 bulan kurungan.

Mejelis hakim juga membebankan Yuni membayar uang pengganti kerugian negara Rp 66.709.841. Uang tersebut sudah dikembalikan dan diperhitungkan sebagai uang pengganti.

Terkait vonis ini, Yuni mengajukan untuk pikir-pikir. Hal serupa juga dilakukan JPU untuk banding yang diajukan tiga dokter ini.

Divonis Bergantian

Salah satu terdakwa kasus korupsi pegadaan alat kesehatan digiring jaksa memasuki mobil tahanan. (Liputan6.com/M Syukur)

Sebelumnya, majelis hakim yang diketuai Saut Maruli Tua menyebut para terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 ayat 1 huruf b Undang-undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo Pasal 64 KUHP.

Dr Welli Zulfikar divonis hukuman 1 tahun 8 bulan penjara dan diwajibkan membayar denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan. Welli juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 132 juta dengan hukuman pengganti enam bulan penjara.

Setelah dr Welli, drg Masrial divonis hukuman 1 tahun 4 bulan penjara dan denda Rp 50 juta dengan hukuman penggnati tiga bulan kurungan. Masrial juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 120 juta dengan hukuman pengganti 6 bulan kurungan jika tak dibayar.

Berikutnya, Kuswan Ambar divonis 1 tahun penjara dan denda Rp 50 juta dengan hukuman penggnati 3 bulan kurungan. Hakim tidak menetapkan yang pengganti kerugian negara kepada Kuswan.

Putusan yang diterima para terdakwa ini jauh lebih ringan dibanding dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya, JPU menuntut terdakwa Kuswan Ambar Pamungkas, 1 tahun dan 8 bulan, Masrial dituntut dua tahun penjara, sedangkan terdakwa Weli Zulfikar dituntut dua setengah tahun penjara.

Pengadaan alkes di RSUD itu menelan biaya Rp 5 miliar yang dianggarkan pada tahun 2012 dan 2013. Pihak rumah sakit lalu menjalin kerjasama dengan CV PMR untuk membeli sejumlah alkes yang diperlukan.

Dalam penyidikan, Polresta Pekanbaru menemukan ada Rp1,5 miliar yang tidak dibeli CV PMR. Tiga dokter itu tetap menggunakan nama CV itu tapi membelinya ke PT Orion Tama, PT Pro-Health, dan PT Atra Widya Agung.

Hanya saja, nama CV PMR tetap digunakan untuk proses pencairan, dan dijanjikan mendapat keuntungan sebesar lima persen dari nilai kegiatan. Berdasarkan audit dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Riau dinyatakan ada kerugian Rp 420.205.222.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Citilink Indonesia Bakal Jadi Maskapai Pertama Operasi di Bandara Baru Yogyakarta

Posted: 02 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Citilink Indonesia dipastikan menjadi maskapai pertama yang akan terbang secara komersil pertama kali menuju dan dari Yogyakarta Internasional Airport (YIA) atau bandara baru Yogyakarta yang berlokasi di Kulon Progo.

Kepastian ini didapatkan setelah Citilink melakukan proving flight atau uji terbang pesawat dari bandara Soekarno – Hatta (CGK) Jakarta menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) pada, Kamis 2 Mei 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti menuturkan, keberhasilan proving flight Citilink dengan pesawat jenis Airbus A320 – 214 nomor penerbangan QG3361 itu sekaligus juga menunjukkan bandara YIA siap untuk beroperasi melayani penerbangan perdana.

Rencananya penerbangan perdana ini dijadwalkan pada, Senin, 6 Mei 2019 dengan rute bandara Halim Perdanakusuma (HLP) menuju bandara baru Yogyakarta. 

"Proving flight ini menjadi salah satu bukti bahwa layanan operasional penerbangan di YIA sudah siap. Oleh karena itu saya mengapresiasi maskapai Citilink yang berhasil mendarat dan lepas landas dari YIA. Dan sekaligus juga mengapresiasi Angkasa Pura 1 sebagai pengelola YIA yang sudah melakukan persiapan maksimal sehingga bandara ini siap beroperasi," ujar Polana di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Sejalan akan beroperasinya bandara baru Yogyakarta, Polana menambahkan agar pengelola bandar udara, maskapai dan seluruh pengguna jasa angkutan udara tetap mengedepankan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan. 

"Nantinya ketika YIA beroperasi penuh, diharapkan semua pihak dapat mematuhi aturan keselamatan, dan keamanan penerbangan serta memberikan layanan yang baik kepada penumpang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," ia menambahkan.

 

Penerbangan Citilink

Salah satu pesawat milik maskapai Citilink terparkir di areal Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11). Penutupan Bandara Ngurah Rai diperpanjang 24 jam sampai Rabu (29/11) karena dampak letusan Gunung Agung. (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Untuk diketahui, proving flight adalah proses uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai  mengoperasikan sebuah rute baru.

Dalam hal proving flight kali ini juga ada kaitannya dengan pengoperasian bandara baru yaitu YIA.  Proving flight Citilink ini dipimpin oleh Capt. Agus Setiono yang didampingi Capt. Teguh Kristiono dan Capt. Muh. Ali Imron, serta perwakilan dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Citilink akan mengoperasikan rute penerbangan komersial Dari YIA ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP) sebanyak 3 kali seminggu mulai Senin, 6 Mei 2019.

Penerbangan komersial selanjutnya yang rencananya akan beroperasi adalah Batik Air dengan tujuan Samarinda, Palangkaraya, dan Cengkareng mulai 15 Mei 2019.

Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) memiliki panjang runway 3.250 meter x 45 meter dan terminal seluas 12.900 m2. 

 

Apron Bandara Baru Yogyakarta Siap Tampung 6 Pesawat

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (Foto: Dok Humas PT Angkasa Pura I)

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I memastikan apron Bandara Baru Yogyakarta yang berlokasi di Kulon Progo saat dioperasikan secara minimum sudah dapat menampung 6 pesawat berukuran besar secara bersamaan.

"Di apron (tempat parkir pesawat) kita yang sudah siap sekarang bisa menampung enam pesawat secara bersamaan," kata Project Manager Pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta PT Angkasa Pura (AP) I Taochid Purnama Hadi, dikutip dari Antara, Senin, 29 April 2019.

Menurut Taochid, sejumlah pesawat berukuran jumbo yang bisa mendarat dan parkir di bandara internasional itu mulai dari Air Bus 380 hingga Boeing 777. Meski untuk sementara baru akan membuka penerbangan domestik, namun mengacu progres pembangunan bandara hingga saat ini sudah siap untuk operasional pesawat besar dengan rute penerbangan internasional.

"Melihat kesiapan 'run way' (landas pacu)-nya, untuk pesawat dengan rute internasional pun sebetulnya sudah siap," kata dia.

Ia mengatakan, mengenai kemajuan pembangunan bandara secara keseluruhan hingga saat ini telah mencapai 43 persen. Dengan kondisi perkembangan pembangunan itu, Bandara Internasional Yogyakarta sudah layak beroperasi secara minimum.

Bagian utama bandara yang paling siap hingga saat ini, kata Taochid, adalah 'air side' (sisi udara) yang mencakup landas pacu (run way), apron, tower, navigation set, hingga air traffic control. Khusus untuk apron, saat bandara beroperasi penuh nantinya dapat menampung 23 pesawat secara bersamaan.

"Setelah operasi secara minimum, tahap berikutnya adalah menyelesaikan terminal serta berbagai aksesibilitas bandara hingga bisa beroperasi secara penuh," kata dia.

Sebelumnya, Bandara Internasional Yogyakarta sedianya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 29 April 2019, tapi tim kepresidenan menunda agenda tersebut hingga batas waktu yang belum ditentukan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: