Senin, 06 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Prediksi Liverpool vs Barcelona: Menanti Malam Ajaib di Anfield Stadium

Posted: 06 May 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold mengharapkan tuah Anfield Stadium kala menjamu Barcelona, Selasa (7/5/2019) atau Rabu dini hari WIB pada leg kedua semifinal Liga Champions. The Reds, sebutan Liverpool, tertinggal 0-3.

Alexander-Arnold percaya Liverpool bisa meraih kemenangan atas Barcelona, minimal 4-0. Dia percaya The Reds bisa menang di Anfield Stadium, stadion yang terkenal angker.

Dalam 19 pertandingan terakhir di Anfield Stadium, Liverpool tak terkalahkan. The Reds meraih 16 kemenangan dan tiga hasil imbang. Bahkan, pada laga terakhir di Anfield Stadium, Liverpool menang 5-0 atas Huddersfield Town.

"Saya pikir kami memiliki hasil yang layak musim ini di mana kami sudah mencetak lebih dari tiga gol di beberapa pertandingan. Kali ini, bermain di kandang sendiri benar-benar membantu kami," katanya di Football Espana.

"Kami punya fan luar biasa yang terus mendukung dari tribun dan masih ada rasa percaya untuk kami. Ini akan menjadi salah satu malam ajaib di Anfield," ujar bek Liverpool berusia 20 tahun tersebut, melanjutkan.

Penuh Percaya Diri

Aksi Luis Suarez saat dihadang Joel Matip pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soriano)

Lebih lanjut, Alexander-Arnold mengatakan, semua orang memandang Liverpool telah habis. Namun, suasana di ruang ganti The Reds berbeda karena skuat asuhan Jurgen Klopp sangat percaya diri meraih kemenangan besar atas Barcelona.

"Kami semua tahu akan sangat sulit membalikkan keadaan. Semua orang harus realistis melihat ini, tapi para pemain masih percaya."

"Namun, di ruang ganti semuanya masih mungkin terjadi, terutama ketika bermain di Anfield. Semoga kami dapat menghasilkan salah satu malam yang istimewa seperti yang sering kami lakukan sebelumnya," ucap Alexander-Arnold.

 

Jadwal Liga Champions

Jadwal leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019:

02.00 WIB, Liverpool vs Barcelona (RCTI)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Irwansyah Ajari Evan Sanders Baca Quran

Posted: 06 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Evan Sanders ikut bermain dalam film horor religi Roh Fasik, garapan rumah produksi, RA Picture. Dalam film tersebut, Evan Sanders berperan sebagai seorang ustaz bernama Akbar yang keluarganya kena guna-guna

Buat Evan Sanders bermain dalam film tersebut menjadi tantangan tersendiri buatnya. Terlebih ia harus bisa mengaji dan memerankan karakter yang belum pernah ia mainkan sebelumnya.

"Nah itu dia ngebawain karakter aslinya ustaz. Apa yang bikin gue menantang karena ada beberapa scene yang dibuang mungkin karena durasinya, padahal ada tantangannya saya di situ yaitu ngaji," ujar Evan Sanders, usai press screening film Roh Fasik, di XXI Metropole, Jakarta Pusat, Senin (6/5/2019).

Beruntungnya, Evan Sanders dibantu oleh Irwansyah untuk belajar mengaji dan beberapa ustaz lainnya.

 

Menghafal Surat Ar Rahman

Syuting TV Serial Warteg DKI (Bambang E. Ros/bintang.com)

Bukan hanya mengaji, Evan Sanders juga harus menghafal salah satu surat Alquran yang cukup panjang.

"Disuruh pelajari surat Ar Rahman. Ada yang bimbing, ada Irwan‎syah ajarin buat mengaji," kata Evan Sanders.

 

Banyak Pelajaran

Zaskia Sungkar dan Irwansyah

Banyak pelajaran yang didapati Evan Sanders ketika bermain dalam film tersebut. "Iya banyak yang didapat. Kan belajar bagus apalagi baik, kenapa tidak," kata Evan.

Tak hanya Irwansyah dan Evan Sanders, beberapa artis kenamaan ikut bermain dalam film Roh Fasik termasuk Zaskia Sungkar, Nagita Slavina dan masih banyak lagi. Rencananya film tersebut tayang serentak di bioskop Tanah Air pada 9 Mei 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Salah dan Firmino, Striker Barcelona Tetap Waspadai Liverpool

Posted: 06 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Striker Barcelona Luis Suarez tidak ingin menganggap enteng Liverpool meski tidak diperkuat dua pemain bintangnya. The Reds tanpa Mohamed Salah dan Roberto Firmino pada leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB.

Barcelona memang sedang berada di atas angin. Suarez dan kolega melangkahkan satu kakinya di final berkat kemenangan 3-0 atas Liverpool pada leg pertama, Kamis (2/5/2019) lali.

Barca makin diuntungkan karena Salah dan Firmino dipastikan absen di leg kedua akibat cedera. Tanpa kedua pemain haus gol mereka tersebut, perjuangan Liverpool mengejar defisit tiga gol tentu makin berat.

Meski demikian, Suarez menegaskan Barcelona harus tetap waspada. Sebab, Liverpool masih memiliki pemain lainnya.

 

 

Tetap Waspada

Aksi Mohamed Salah saat melawan Barcelona di Camp Nou. (AP Photo/Joan Monfort)

"Dia [Salah] merupakan pemain yang sangat penting, dia masuk dalam tiga besar pemain terbaik dunia dalam dua musim belakangan," ujar Suarez seperti dikutip Goal International.

"Mereka sangat kehilangan, akan tetapi mereka masih memiliki pemain seperti Divock Origi, Xherdan Shaqiri, Daniel Sturridge yang bisa bermain. Mereka adalah pemain berkualitas," imbuhnya.

 

Kondisi Van Dijk

Selain masalah absennya Salah dan Firmino, Liverpool juga tengah dibuat cukup pusing dengan kondisi terkini dari palang pintu andalan mereka, Virgil van Dijk.

Baru-baru ini Liverpool merilis pernyataan yang menyebut bahwa Van Dijk dan Alex Oxlade-Chamberlain melewatkan sesi latihan tim terakhir sebelum laga kontra Barca.

Van Dijk dan Oxlade-Chamberlain menjalani latihan secara terpisah. Meski demikian, keduanya disebut bisa tampil melawan Barca.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Infrastruktur Mendukung, Menhub Optimistis Mudik Lebaran 2019 Makin Baik

Posted: 06 May 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat koordinasi menyambut persiapan arus mudik Lebaran Idulfitri 2019. Budi Karya optimistis arus mudik lebaran tahun ini akan semakin baik.

"InsyaAllah mudik kali ini akan lebih baik. Karena infrastruktur sudah lebih baik dan sangat mendukung," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Budi Karya memperkirakan animo masyarakat melakukan mudik lebaran kali ini lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Infrastruktur yang memadai memungkinkan mudik melalui jalur darat akan tetap menjadi primadona masyarakat.

Dia pun meminta seluruh stakeholder lebih siap melayani masyarakat yang melakukan perjalanan dalam rangka silaturahmi dan liburan lebaran Idulfitri 2019.

"Mudik darat kali ini masih menjadi konsen. Oleh karenanya, keselamatan di jalan para pemudik juga menjadi perhatian yang khusus," tutur Budi Karya.

Rapat koordinasi angkutan lebaran 2019 ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Refdi Andri, Dirjen Hubdar Budi Setiadi, Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel, Wakapolda DIY Brigjen Bimo Anggoro Seno, serta perwakilan stakeholder terkait.

 

Antisipasi Titik Rawan

Menhub, Budi Karya Sumadi (kelima kiri) saat meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Rabu (24/4). Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansya

Rapat tersebut digelar untuk menyelaraskan konsep maupun strategi penanganan arus lalu lintas Lebaran 2019 di seluruh jalur mudik khususnya wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Rapat koordinasi juga diisi dengan pemaparan singkat sejumlah instansi terkait strategi dan antisipasi penanganan titik rawan kecelakaan, rawan kemacetan, dan rawan bencana alam selama angkutan Lebaran 2019.

"Misi keselamatan menjadi hal penting. Saya harapkan catatan masing-masing sektor, ditindaklanjuti dengan langkah-langkah detail. Saya harap kita dapat melayani masyakarat dengan baik," kata Budi Karya mengakhiri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket Pesawat Mahal, Penumpang di Bandara AP I Anjlok

Posted: 06 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Mahalnya harga tiket pesawat membuat jumlah penumpang di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) menurun. Saat ini AP I mengelola 13 bandara yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan dalam tiga bulan pertama di 2019, terjadi penurunan 3,5 juta penumpang jika dibandingkan periode yang sama di 2018. Sedangkan secara total di tahun lalu, jumlah penumpang di 13 bandara Angkasa Pura I mencapai 96 juta penumpang.

‎"Yang jelas 3 bulan pertama itu, kuartal I itu, angka saya sekitar dari sisi pax itu yang kita laporkan sekitar 3,5 juta dropnya dari 2018. Itu seluruh bandara, 13 airport turun sekitar 3,5 juta," ujar dia di Yogyakarta, Selasa (7/5/2019).

Selain itu, dalam tiga bulan terakhir juga ada 35 ribu penerbangan yang telah terjadwal namun batal atau tidak menggunakan slot penerbangan yang telah didapatkan.

"Nah ini data masih kita kompilasi terus. nah kalau total penerbangan 35 ribu yang tidak flight dalam 3 bulan‎. Antara batal terbang, atau tidak operasi karena batal atau menang slot itu tidak digunakan, tetapi ada peruntukannya," kata dia.

 

Penyebabnya

Operasional terminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai (Foto: Dok PT Angkasa Pura I)

Menurut Devy, ada sejumlah faktor yang menyebabkan penurunan penumpang bandara yang dikelola Angkasa Pura I. Salah satunya karena tingginya harga tiket pesawat dalam beberapa bulan terakhir.

"Bukan hanya mahal, faktornya macam-macam, satu ada tiketnya mungkin lebih mahal dibandingkan biasanya. Kemudian ada pilihan transportasi lain bisa lewat tol yangg bagus. Terus orang mulai mengurangi libur karena banyak bencana alam kemarin kan. Jadi faktornya banyak dan kita masih meraba mengembalikan angka 2018 ke 2019 karena turunnya cukup signifikan," tandas dia.

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Diturunkan

Ilustrasi Tiket Pesawat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) diberikan waktu satu minggu untuk menurunkan harga tiket pesawat yang sampai saat ini dinilai masih cukup tinggi. Keputusan ini merupakan hasil rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Darmin Nasution.

Usai rapat di kantor Darmin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan hal yang dibahas dalam rapat tersebut adalah terkait penurunan tarif batas atas.

"Kita akan evaluasi batas atas. Saya diberi waktu satu minggu akan menetapkan batas atas baru untuk penerbangan ekonomi," kata Menhub Budi di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Dia menyebutkan penurunan tarif batas atas berlaku untuk maskapai Low Cost Carrier (LCC) serta maskapai full service.

Meski tidak diperbolehkan melakukan intervensi harga tiket, dia menjelaskan bahwa pemerintah dalam hal ini Kemenhub berhak mengatur tarif batas atas dan tarif batas bawah.

"Jadi dalam UU itu disebutkan kemenhub dapat menentukan batas atas dengan mempertimbangkan kondisi masyarakat, ada di pasal 127," ujarnya.

Beberapa pertimbangan tersebut diantaranya adalah daya beli masyarakat. Diharapkan dengan adanya penurunan tarif batas atas, harga tiket pesawat yang saat ini berlaku dapat berangsur turun.

"Kalau batas atas saya tetapkan 85 persen atau 80 persen, artinya penerbangan yang full service itu hanya bisa menetapkan 85 persen (paling mahalnya), dan dalam persaingan biasanya penerbangan yang lain itu menetapkan lebih rendah dari itu (tarif batas atas), jadi paling tidak ada satu penurunan dari situ," jelasnya.

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Amalan Puasa Ramadan yang Dapat Dilakukan, Agar Peroleh Berkah Melimpah

Posted: 06 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amalan puasa Ramadan adalah amalan yang dianjurkan untuk dilaksanakan selama bulan suci Ramadan. Puasa Ramadan adalah salah satu kewajiban seluruh umat muslim yang memasuki usi akil baliq. Dalam menjalankan ibadah puasa, ada amalan puasa Ramadan yang dapat dilakukan. 

Amalan puasa Ramadan ini bersifat Sunnah, meski begitu amalan ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Dengan menjalankan amalan puasa Ramadan, ibadah puasa yang dijalani akan mendapat keberkahan berlebih. Amalan puasa Ramadan biasanya memang berasal dari Sunnah yang dijalankan Rasul.

Dalam Islam, sunnah diartikan sebagai sikap, tindakan, ucapan, dan cara Rasullullah serta sahabatnya, saat menjalani kehidupannya atau tradisi yang dilaksanakan, ilmu keyakinan, ucapan, perbuatan maupun penetapan oleh Rasullullah dan juga sahabatnya.

Menjalankan amalan puasa Ramadan dapat menjadi kegiatan mengumpulkan berkah pahala di bulan Ramadan. Berikut amalan puasa Ramadan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Senin(6/5/2019):

Makan sahur

Makan sahur di Masjidil Haram. foto: alarabiya.net

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

"Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan," (HR al-Bukhari).

Aktivitas sahur sendiri dapat berupa menyantap sesuatu walaupun hanya seteguk air. Waktu sahur yang disunnakan adalah selepas tengah malam. Utamanya, ia diakhirkan selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan: apakah masih malam atau sudah terbit fajar. Dalam hadis lain, Rasulullah menandaskan:

لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا أَخَّرُوا السَّحُورَ وَعَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya, "Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka," (HR Ahmad).

Berbuka Puasa

Yuk, intip 5 menu buka puasa yang mampu mengembalikan kebugaran tubuh ini!

Rasullullah SAW memerintahkan umatnya yang berpuasa untuk segera melakukan buka puasa atau membatalkan puasanya ketika waktu berbuka sudah datang.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist sebagai berikut:

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَلِلتِّرْمِذِيِّ مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ : أَحَبُّ عِبَادِي إلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا

Artinya: Dari Sahl bin Sa'ad radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka." (Muttafaqun 'alaih).

Berbuka dengan Kurma atau dengan yang manis

Kurma / Sumber: iStockphoto

Rasullullah juga menganjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma atau yang manis-manis. Hal ini dianjurkan karena kurma banyak mengandung gizi yang bisa mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa seharian.

Sunnah berbuka puasa dengan kurma dijelaskan dalam hadist sebagai berikut:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: "Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air"

Membaca doa berbuka

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Rasullullah juga menganjurkan untuk berdoa ketika berbuka puasa. Berikut hadistnya.

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: "Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)". (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

Doa berbuka dapat berupa:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلَتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِي اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

Artinya, "Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, atas rezeki-Mu aku berbuka, hanya kepada-Mu aku bertawakal. Sungguh, rasa haus sudah sirna, urat-urat sudah basah, dan balasan sudah tetap, insya Allah. Wahai Dzat yang maha luas karunia-Nya, ampunilah aku. Segala puji hanya milik Allah Dzat yang telah memberiku petunjuk, hingga aku kuat berpuasa. Lalu Dia memberiku rezeki, hingga aku bisa berbuka."

Atau dengan doa yang lebih pendek dan masyhur:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya, "Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, atas rezeki-Mu aku berbuka, berkat rahmat-Mu, wahai Dzat yang maha penyayang di antara para penyayang."

Bersedekah

Bersedekah / Sumber: iStockphoto

Rasul juga mensunnahkan untuk bersedekah dengan memberi makan orang yang berpuasa. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam lebih banyak lagi melakukan kebaikan di bulan Ramadhan. Beliau memperbanyak sedekah, berbuat baik, membaca Al Qur'an, shalat, dzikir dan i'tikaf.

Sunnah tersebut tertuang pada sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mencuci Tangan yang Salah, Buat Rentan Terhadap Kuman

Posted: 06 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sentuhan adalah salah satu cara orang berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Melalui sentuhan itulah tangan menjadi terkena ribuan kuman dan bakteri berbahaya setiap hari. Mencuci tangan dengan benar dapat menghilangkan sebagian besar mikroorganisme ini.

Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir dapat mencegah penyakit. Penyakit-penyakit ini berkisar dari infeksi saluran pernapasan seperti pneumonia hingga infeksi lambung yang menyebabkan diare. Banyak dari kondisi ini dapat berakibat fatal bagi beberapa orang, seperti bayi dan anak-anak.

Terkadang banyak orang yang meremehkan kegiatan mencuci tangan mereka. Akibatnya, kuman tidak sepenuhnya lenyap dari tangan dan makin berkembang pada tubuh. Cuci tangan yang tidak benar dapat membuat Anda rentan terhadap kuman. Berikut kesalahan umum saat mencuci tangan yang berhasil Liputan6.com lansir dari Reader's Digest, Selasa (7/5/2019).

Waktu mencuci dan melewatkan celah jari

cuci tangan/unsplash

Waktu mencuci

Menurut Centers for Disease Control and Prevention AS, sebuah penelitian di Michigan State University baru-baru ini menemukan bahwa 95 persen orang tidak mencuci tangan cukup lama untuk membunuh kuman secara efektif yaitu 20 detik menggosok dengan sabun dan air.

Studi Michigan State University menemukan, waktu mencuci tangan rata-rata hanya sekitar enam detik. Terlebih lagi, 15 persen pria dan 7 persen wanita sama sekali tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar kecil.

Melewatkan celah jari

Jika Anda hanya menggosok sabun di antara telapak tangan, membilas, dan mengulangnya terus saat mencuci tangan, tangan Anda mungkin masih kotor. Kuman suka bersembunyi di bawah kuku, di celah, dan di antara jari, jadi Anda harus menggosok area ini setiap kali Anda mencuci tangan.

Pastikan untuk menggosok dengan kuat untuk mendapatkan busa yang baik. Gesekan adalah kunci untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan mikroba dari kulit.

Tidak benar-benar mengeringkan tangan

Hati-hati, Ancaman Bakteri dari Mesin Pengering Tangan (Stanislaw Mikulski/Shutterstock)

Teknik mencuci tangan yang baik juga bergantung pada proses pengeringan tangan. Kuman suka berkembang biak dalam kelembapan. Meninggalkan kamar kecil dengan tangan yang masih lembab dapat membuatnya lebih mudah untuk mengambil mikroba kuman dari permukaan berikutnya yang Anda sentuh.

Jika Anda memiliki pilihan tisu atau blower udara, pilih tisu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Mayo Clinic Proceedings pada tahun 2012, para peneliti menganalisis semua studi mencuci tangan yang dilakukan sejak tahun 1970. Makalah ini menyimpulkan bahwa tisu lebih unggul daripada blower udara yang akan memercikkan kuman dan membuat kering tangan.

Hanya mencuci setelah menggunakan kamar mandi

Salah Mencuci Tangan, Sia-sia Belaka

Begitu Anda menyentuh permukaan publik seperti tombol lift, kenop pintu, ATM, atau tiang gedung, Anda berisiko mengambil kuman atau bakteri. Kebanyakan orang hanya mencuci tangan usai menggunakan toilet, tetapi Anda harus mencuci secara berkala sepanjang hari, terutama selama musim hujan dan flu.

Untuk saat-saat ketika tidak dapat menjangkau wastafel, taruh sebotol pembersih tangan di tas atau laci meja Anda. Sebuah pembersih dengan kadar alkohol setidaknya 60 persen efektif membunuh banyak jenis kuman.

Menggunakan air panas dan menyentuh permukaan lain segera setelah mencuci

Salah Kaprah tentang Mencuci Tangan

Menggunakan air panas

Meskipun ada kepercayaan luas bahwa Anda membutuhkan air panas untuk membunuh kuman-kuman tangan, air suam-suam kuku atau bahkan air dingin juga akan melakukan pembersihan tangan dengan baik.

Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Vanderbilt University di Tennessee menemukan bahwa air dingin mengurangi kadar bakteri sama seperti air panas, selama tangan digosok, dibilas, dan dikeringkan dengan benar.

Menyentuh permukaan lain segera setelah mencuci

Menurut sebuah studi 2011 dari NSF International, organisasi kesehatan dan keselamatan publik, sembilan persen dari gagang pintu kamar mandi di rumah diuji positif untuk bakteri coliform. Karena permukaan yang lembab adalah tempat berkembang biaknya kuman, segera keringkan tangan sebelum menyentuh permukaan lain.

Tidak membilas sabun batang sebelum digunakan

ilustrasi mencuci tangan/copyright Pexels/Burst

Menurut CDC, satu studi mengatakan bahwa organisme patogen dapat bersembunyi di sabun batangan selama dan setelah digunakan. Penelitian menunjukkan bahwa bakteri mungkin untuk ditransfer ke tangan Anda dari sabun selama penggunaan. Tetapi ada langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk memastikan bahwa kuman-kuman ini tidak menempel di tangan Anda.

"Bakteri hidup cukup bahagia di lendir sabun batangan, tetapi melakukan beberapa hal sederhana akan membuatnya tidak berbahaya bagi kesehatan," kata Elaine L. Larson, PhD, rekan senior dekan bidang keilmuan dan penelitian serta profesor dari epidemiologi dan penelitian keperawatan di Sekolah Keperawatan Universitas Columbia, menjelaskan kepada Huffington Post.

Bilas sabun batang dengan air mengalir sebelum membersihkan kotoran kuman. Dan selalu simpan sabun dari air seperti jauh dari bak mandi basah. Dengan begitu, tidak ada lingkungan lembab bagi kuman untuk berkumpul di batang sabun.

Berpikir sabun antibakteri lebih baik daripada sabun biasa

3 Alasan Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun

Menurut Food and Drug Administration (FDA) AS, sangat sedikit bukti yang menunjukkan bahwa sabun antibakteri lebih baik dalam mencegah penyakit dan penyebaran infeksi lebih baik daripada sabun biasa.

Faktanya, FDA mengeluarkan aturan final yang menyatakan bahwa produk-produk pencuci antiseptik (termasuk cairan, busa, sabun tangan gel, sabun batangan, dan pencuci tubuh) berlabel "antibakteri" dengan bahan-bahan seperti triclosan tidak akan lagi ada di pasaran karena pabrik tersebut tidak lagi tidak dapat membuktikan keefektifan atau keamanan menggunakan bahan-bahan ini selama periode waktu yang lama.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa triclosan dapat membuat tubuh kebal antibiotik. Sementara penelitian pada hewan menunjukkan bahwa triclosan dapat mengubah cara beberapa hormon bekerja di dalam tubuh, yang berpotensi menimbulkan efek pada manusia. FDA mendesak produsen untuk mengubah formula produk mereka yang mengandung 19 bahan aktif "antibakteri" lain ini atau jika tidak mereka tidak lagi tersedia untuk konsumen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puasa Pertama Bareng Syahrini, Reino Barack Unggah Foto Ini

Posted: 06 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Reino Barack menjalankan ibadah puasanya dengan suasana berbeda. Untuk kali pertama, ia akan melewati bulan Ramadan bersama dengan sang istri, Syahrini.

Tentunya, Reino Barack begitu antusias menjalankan ibadah puasa bersama dengan Syahrini.

Hal tersebut diketahui melalui unggahan Reino Barack di Instagram. Menyambut Ramadan, Reino Barack menggunggah foto bersama dengan Syahrini.

Foto tersebut menampilkan Reino Barack dan Syahrini dengan pose yang diambil saat menggelar resepsi pernikahan bertajuk Dinner Silaturahmi. Mantan kekasih Luna Maya ini tampak gagah dengan balutan jas tengah memeluk Syahrini yang bergaya bak seorang putri.

 

 

 

 

Ucapan Selamat Berpuasa

Reino Barack juga menuliskan keterangan foto yang berisi ucapan selamat menjalankan ibadah puasa bagi warganet.

"Ramadhan Kareem,Mohon maaf lahir dan batin bagi semua yang menjalankan ibadah puasa. We would like to thank those who attended our dinner silahturahmi. Our sincere gratitude and appreciation. #SyahReino," tulis Reino Barack.

 

 

 

Pernikahan

Momen resepsi pernikahan Syahrini dan Reino Barack (Sumber: KapanLagi.com)

Reino Barack menikahi Syahrini di Camii Tokyo, Jepang pada 27 Februari 2019. Pernikahan tersebut sukses membetot perhatian masyarakat Indonesia karena digelar secara diam-diam.

Hanya undangan terbatas yang bisa menghadiri pernikahan Reino Barack dan Syahrini di Jepang. Diantaranya: Maia Estianty dan Irwan Mussry, Christine Hakim, Surya Paloh, Rachmat Gobel dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Arifin Tasrif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Triathlon Bocah Berhati Mulia

Posted: 06 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wajendra Hanif (Hanhan) baru berusia 11 tahun. Ia melakukan triathlon, sebagai aksi menggalang dana untuk membantu anak-anak penderita kanker. Lewat situs pengumpul donasi, Hanhan mengumumkan rencana aksinya. Tepat 2 Mei lalu, ia menuntaskan triathlon, menempuh jarak total lebih dari 42 kilometer.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Bakal Ciptakan Malware untuk Lindungi Pemerintah

Posted: 06 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Malware adalah salah satu ancaman siber berbahaya yang bisa menjangkit gadget. Meski begitu, Jepang justru malah membuat senjata dengan bentuk malware.

Bukan untuk bunuh diri, malware yang dibuat hanya akan berfungsi mempertahankan diri dari ancaman kejahatan siber. Kementerian Pertahanan Jepang telah mengaturnya sedemikian rupa.

Perisai berbentuk malware ini memang berisi virus dan backdoor, dan digadang menjadi senjata siber pertama milik Jepang.

Tahun fiskal ini, senjata malware akan selesai dibuat oleh kontraktor, demikian seperti dilansir Tekno Liputan6.com dari DZnet, Selasa (7/5/2019).

Malware ini bakal beraksi secara khusus menyerang si pelaku kejahatan siber.

Meski begitu, belum ada informasi resmi tentang bagaimana malware akan bekerja atau bagaimana pemerintah Jepang bakal memanfaatkan senjata ini.

Hal tersebut sebenarnya sudah dilakukan militer Jepang sebagai bentuk pembenahan diri karena militer Tiongkok sudah jauh lebih canggih.

Pada tahun 2016, Jepang memutuskan untuk melebarkan fokus militernya ke ranah siber, yang disebut NATO sebagai medan perang resmi bersama udara, daratan dan laut.

Bukan hanya Jepang, ada beberapa yang diklaim sudah mengembangkan senjata siber, diantaranya Amerika, Inggris, Jerman dan lainnya.

Seratus Ribu Gamer Berpotensi Terinfeksi Malware ShadowHammer

Seratus Ribu Gamer Berpotensi Terinfeksi Malware ShadowHammer

Baru-baru ini, sekelompok hacker memakai sistem pembaruan software(Live Update) Asus untuk menyebarkan malware, ShadowHammer, ke 1 juta komputer Windows.

Meski saat ini Asus sudah mengulirkan update untuk mengatasi malware itu, perusahaan keamanan Kaspersky dan ESET mengungkap laporan terbaru.

Dikutip dari laman Gamerant, Selasa (30/4/2019), dua perusahaan keamanan tersebut mendapati malware itu juga menargetkan tiga studio gim. 

Terungkap, para peretas di balik serangan Asus juga menargetkan software Microsoft Visual Studio.

Dengan ini, peretas dapat menanam malware ke dalam gim buatan tiga pengembang yang menggunakan software terinfeksi malware tersebut.

Akibatnya, hampir lebih dari 92.000 komputer terinfeksi malware itu. Namun, Kaspersky dan ESET meyakini jumlah tersebut bisa lebih tinggi dari yang terdata.

Dua Pengembang Gim

Seratus Ribu Gamer Berpotensi Terinfeksi Malware ShadowHammer

Meski salah satu pengembang yang terkena serangan itu belum teridentifikasi secara publik, dua yang sudah diketahui, yakni Electronics Extreme dan Zepetto.

Adapun dua judul gim yang terinfeksi, adalah Infestation (Electronics Extreme) dan Point Blank(Zepetto).

Tak hanya itu, ESET juga mendata infeksi malware tersebut hampir semuanya berlokasi di Asia, dengan sebagian besar komputer berada di Thailand.

Apa yang membuat serangan terhadap ketiga pengembang begitu mengkhawatirkan, infeksi malware itu sudah terjadi sebelum gim itu diluncurkan.

Dalam laporan Wired tentang serangan itu, tercatat penyebaran malware sudah melampaui langkah yang terjadi dengan Asus.

Pada saat itu, para peretas harus menggunakan server Asus yang terinfeksi untuk menandai file pembaruan yang sudah terkompromi.

(Tik/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget

Posted: 06 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film adalah media hiburan favorit anak milenial zaman sekarang. Kini banyak sekali film-film luar negeri yang menjadi tontonan wajib karena memang kualitasnya sangat bagus baik dari segi visual maupun alur cerita. 

Film-film luar negeri ini banyak mendominasi bioskop-bioskop di Indonesia. Sehingga wajar, apabila anak milenial gemar menonton film tersebut.

Namun apa jadinya kalau film-film luar negeri tersebut diubah judulnya ke bahasa Indonesia? Tentu kalau hal semacam itu terwujud maka akan sangat konyol. Kekonyolan judul film luar negeri versi Indonesia ini akan membuat kamu tertawa terbahak-bahak.

Berikut Liputan6.com, Selasa (7/5/2019) telah merangkum 6 judul film luar negeri versi Indonesia dari berbagai cuitan di media sosial Twitter.

1. Spiderman: Far From Home

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget (sumber: twitter.com/makmummasjid)

Pencinta film superhero pasti sudah tak asing dengan film Spiderman: Far From Home. Film tersebut bila diubah judulnya dalam bahasa Indonesia ternyata bisa jadi unik, yakni berubah menjadi Manusia Laba-laba: transmigrasi.

Far for home diartikan transmigrasi yakni perpindahan penduduk dari kota ke desa. Ya konotasi jauh dari rumah menurut netizen di atas ialah jauh dari perkotaan yang tidak lain ialah transmigrasi.

2. Mission Impossible: Fallout

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget (sumber: twitter.com/makmummasjid)

Mission Impossible: Fallout adalah salah satu film luar negeri yang sayang banget buat dilewatkan. Namun apa jadinya kalau film ini dibuat judul Indonesia? Maka yang terjadi ialah judul yang amat lucu. Mission Impossible: Fallout akan berubah menjadi Misi Enggak Mungkin: Gorong-gorong PLTU. Sungguh sangat kreatif netizen di atas dalam membuat judul film versi bahasa Indonesia.

3. First Man

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget (sumber: twitter.com/makmummasjid)

First Man ialah film yang sangat keren. First Man yang apabila diterjemahkan artinya manusia pertama akan berubah judul versi Indonesia yakni Karyawan Kepagian. Ya, hal tersebut memang sudah melekat di Indonesia, bahwa yang datang dahulu ke kantor disebut karyawan kepagian.

4. How to Train The Dragon - The Hidden World

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget (sumber: twitter.com/makmummasjid)

Bila ditanya film animasi luar negeri apa yang recommended, maka jawabannya ialah How to Train The Dragon - The Hidden World. Film animasi tentang naga ini ternyata apabila diubah dalam bahasa Indonesia judulnya akan menjadi sangat kocak. Menurut netizen di atas judul How to Train The Dragon - The Hidden World akan menjadi Cara Melatih Naga - Alam Ghaib. Sungguh judul yang sangat absurd.

5. Iron Man

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget (sumber: twitter.com/AG_Nubis)

Siapa sih yang tidak mengagumi salah satu anggota Avengers yakni Iron Man? Hampir semuanya mengagumi Iron Man, sehingga Iron Man menjadi film yang sangat direkomendasikan untuk ditonton. Tapi apa jadinya kalau jdudul film Iron Man dibuat judul bahasa Indonesia? Tentu akan sangat lucu, karena menurut netizen di atas judul yang pas untuk Iron Man versi Indonesia ialah Tukang Loak Besi Kiloan.

6. Us

6 Judul Film Luar Negeri Versi Bahasa Indonesia Ini Kocak Banget (sumber: twitter.com/mafikalamuhu)

Us adalah film thriller yang sukses membuat para pecinta film berdebar-debar saat menyaksikan film tersebut. Namun hal yang menggelitik terjadi ketika film Us dibuat versi judul bahasa Indonesia. Us yang harusnya diartikan kami, malah diplesetkan netizen di atas menjadi judul Asyiaaapp, salah satu kata-kata yang akhir-akhir ini sering sekali dipakai netizen Indonesia di media sosial.

Itulah 6 judul film luar negeri yang dibuat judul bahasa Indonesia. Menurutmu, mana judul paling kocak dari judul-judul di atas?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool vs Barcelona: Laga Berat di Anfield

Posted: 06 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Liverpool akan melakoni misi mustahil saat menjamu Barcelona pada leg kedua semifinal Liga Champions 2018-2019 di Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB. Laga ini sangat berat bagi Liverpool karena defisit tiga gol dan tanpa modal gol tandang.

Pada leg pertama di Camp Nou tengah pekan lalu, Liverpool menyerah tiga gol tanpa balas. Luis Suarez mencetak gol pembuka ke gawang mantan klubnya, dan tak segan merayakannya. Sementara itu, Lionel Messi tampil brilian dan memborong dua. Yang kedua, yang berupa gol tendangan bebas spektakuler dari jarak jauh, adalah golnya yang ke-600 dengan seragam Barcelona.

Liverpool sejatinya bermain bagus, bahkan menciptakan beberapa kesempatan. Namun peluang-peluang James Milner, Roberto Firmino dan Mohamed Salah semua gagal terkonversi menjadi gol untuk timnya.

Apakah finalis musim lalu itu hanya sedang sial, atau level mereka memang berada di bawah Barcelona? Kalau kata Massimiliano Allegri, penyebabnya adalah yang kedua.

Jika benar demikian, berarti Barcelona layak difavoritkan ke final. Pasalnya, perbedaan level bukanlah sesuatu yang bisa diatasi cuma lewat satu pertandingan atau hanya dalam kurun waktu satu pekan.

Sebelum leg pertama, Liverpool optimistis bisa meraih hasil positif di kandang Barcelona. Keberadaan bek tangguh Virgil van Dijk serta trio penyerang Mane-Firmino-Salah, meski Firmino baru main di babak kedua, dinilai bisa menjadi senjata Liverpool untuk melukai Barcelona. Namun, yang terjadi adalah kemenangan tiga gol tanpa balas bagi Barcelona.

Untuk duel penentuan nanti, Liverpool tetap optimistis mampu membalikkan keadaaan. Tuah Anfield adalah salah satu hal yang menjadi dasarnya.

Namun Liverpool pasti sadar kalau tugas mereka sangat berat. Kalah di Camp Nou, berarti mereka harus main menyerang dan sebisa mungkin menghindarkan gawangnya dari kebobolan. Melawan Messi dan Suarez, itu bukan perkara mudah. Lawan Newcastle saja mereka kemasukan dua.

Liverpool juga terancam kembali tak bisa menurunkan tim terkuatnya. Salah menjadi 'tumbal' kemenangan atas Newcastle akhir pekan kemarin, dan kondisinya sekarang berada dalam tanda tanya besar. Firmino juga masih cukup meragukan. Naby Keita pun absen setelah tumbang di leg pertama.

 

Dipermalukan Celta Vigo

Bintang Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Barcelona menang 3-0 di Estadio Camp Nou.  (AFP / Javier Soriano)

Barcelona sudah sangat siap untuk laga ini, dan itu terlihat dari bagaimana mereka melepas laga kontra Celta Vigo di La Liga. Pilar-pilar pentingnya diistirahatkan. Meski Ousmane Dembele kembali dihantan cedera, itu sepertinya bukan masalah besar buat Barcelona.

Di Anfield, satu gol saja akan membuat posisi Barcelona semakin aman. Itulah yang akan coba mereka kejar.

Musim lalu, Barcelona disungkurkan AS Roma lewat gol tandang di perempat final meski menang cukup telak di Camp Nou pada leg pertama. Barcelona pasti takkan lupa, dan itu mereka jadikan pelajaran berharga.

Kegagalan Liverpool mencuri setidaknya satu gol tandang dari Camp Nou mungkin memang pertanda kalau Barcelona yang bakal lolos ke final.

Komposisi Pemain dan Statistik

Duel antara Sadio Mane dan Arturo Vidal pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/Josep Lago)

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, van Dijk, Matip, Alexander-Arnold; Wijnaldum, Fabinho, Henderson; Mane, Firmino, Shaqiri

Pelatih: Jurgen Klopp

Barcelona (4-4-2): Ter Stegen; Alba, Lenglet, Pique, Roberto; Coutinho, Busquets, Rakitic, Vidal; Messi, Suarez

Pelatih: Ernesto Valverde

Sembilan Pertemuan Terakhir

02-05-2019 Barcelona 3-0 Liverpool (UCL)

07-03-2007 Liverpool 0-1 Barcelona (UCL)

22-02-2007 Barcelona 1-2 Liverpool (UCL)

14-03-2002 Barcelona 0-0 Liverpool (UCL)

21-11-2001 Liverpool 1-3 Barcelona (UCL)

19-04-2001 Liverpool 1-0 Barcelona (UEFA Cup)

05-04-2001 Barcelona 0-0 Liverpool (UEFA Cup)

14-04-1976 Liverpool 1-1 Barcelona (UEFA Cup)

30-03-1976 Barcelona 0-1 Liverpool (UEFA Cup)

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Ekstrem di Met Gala 2019, Katy Perry Berdandan ala Chandelier dan Burger

Posted: 06 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, New York - Bukan Katy Perry namanya kalau tak mampu menarik perhatian publik, termasuk dalam Met Gala 2019 yang diadakan hari ini, Selasa (7/5/2019) waktu Indonesia, di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat.

Di antara tamu undangan lain, tunangan Orlando Bloom ini tampil bersinar, dalam artian yang sesungguhnya. Di Met Gala 2019, Katy Perry muncul dengan dandanan bak chandelier, lengkap dengan lampunya. 

Menyesuaikan dengan tema Met Gala 2019, "Camp: Notes on Fashion," kostum chandelier Katy Perry ini dirancang oleh Moschino.

Terang saja pakaian itu menarik perhatian semua orang yang hadir di sana. Dilansir dari E! News kostum dari pelantun "Roar" itu terinspirasi dari Lumiere dalam film Beauty and the Beast.

Jadi Burger

Katy Perry (Instagram/ katyperry)

Setelah tampil di karpet merah dalam balutan kostum chandelier yang bercahaya, penyanyi tersebut berganti kostum, menjadi sebuah burger keju lezat yang juga dirancang oleh Moschino. Semua bahan burger lengkap di dalam kostumnya. Mulai dari tomat, selada, kkeju cheddar dan acar.

Kepala editor Vogue, Anna Wintour mengomentari penampilan Katy. "Dia tampil cukup ekstrem," ujar Anna Wintour.

Met Gala 2018

Gaya dandanan penyanyi Katy Perry saat menghadiri Met Gala 2018 di Metropolitan Museum of Art, New York (7/5). (Neilson Barnard / Getty Images / AFP)

Katy Perry memang tak pernah menyia-nyiakan kesempatan saat tampil di Met Gala. Tahun lalu, Katy Perry tampil mengenakan kostum bak malaikat dengan sayap yang ukurannya lebih besar dari tubuhnya.

(Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Gempa Magnitudo 7,2 Guncang Papua Nugini

Posted: 06 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selasa (7/5) pagi kawasan Papua Nugini diguncang gempa magnitudo 7,2. Hingga kini belum ada laporan resmi mengenai kerusakan akibat gempa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurang Modal, Ratusan BPR Terancam Dilikuidasi

Posted: 06 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat 722 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) belum memenuhi ketentuan modal inti seperti yang tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 5/POJK.03/2015 tentang Kewajiban Penyediaan Modal Minimum.

dalam POJK tersebut disebutkan BPR harus memiliki modal inti minimum sebesar Rp 3 miliar paling lambat 31 Desember 2019, dan modal inti minimum sebesar Rp 6 miliar paling lambat 31 Desember 2024.

Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR Ayahandayani mengatakan hingga per Januari 2019 dari 722 BPR yang belum memenuhi standar modal inti minimum, sebanyak 374 BPR belum memenuhi modal inti minimum sebesar Rp 3 miliar. Sementara sisanya sebanyak 348 BPR belum memenuhi sebesar Rp 6 miliar.

"Jadi dari 722 ini sebanyak sepertiga sudah tidak kami kahwatirkan karena mereka bisa penuhi. Sepertiganya lagi mereka masih probable dalam arti masih coba sendiri tapi belum ada kepastian, dan sepertiganya lagi sudah mulai angkat tangan," kata Ayahandayani seperti ditulis, Selasa (7/5/2019).

Dijelaskannya, yang dimaksud angkat tangan diantaranya saat ini sedan mencari investor untuk djadikan satu group.

"Malah ada yang mengajukan untuk safe likuidasi, tapi ini kan kami masih pantau sampai akhir Desember," tambah dia.

Berdasarkan catatan OJK, dari BPR yang masuk dalam kategori BPR Kegiatan Usaha (BPRKU) 1 atau modal inti di bawah Rp 15 miliar sebanyak 1.324 BPR.

Selanjutnya, BPRKU 2 atau modal inti di antara Rp15 miliar sampai Rp 50 miliar mencapai 221 BPR. Dan terakhir BPRKU 3 modal inti lebih dari Rp 50 miliar sebanyak 52 BPR.

Perkuat Modal Inti BPR, OJK Bakal Terbitkan Aturan Merger

ILustrasi bank (Sumber: Istockphoto)

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana mengeluarkan peraturan OJK terkait penggabungan, peleburan dan pengambilalihan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Aturan ini ditargetkan bakal dirilis Juni 2019.

Direktur Penelitian dan Pengaturan BPR, Ayahandayani mengatakan, aturan ini bertujuan untuk memperkuat kewajiban BPR dalam memperoleh modal inti minimum.

Sebab, selama ini kebanyakan BPR masih belum memenuhi modal inti sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 5/POJK.03/2015 tentang Kewajiban Penyediaan Modal 

Dalam POJK tersebut diatur dan ditetapkan seluruh BPR wajib memenuhi modal inti minimum sebesar Rp 3 miliar paling lambat 31 Desember 2019, dan modal inti minimum sebesar Rp 6 miliar paling lambat 31 Desember 2024.

Ayahandayani mengatakan, penguatan dalam aturan tersebut bisa melalui akuisisi, konsolidasi, maupun merger. Dengan demikian, akan mempermudah BPR dalam memenuhi kewajiban aturan tersebut.

"Aturannya keluar Juni. Mereka memang harus perkuat internal. Kalau mereka sendiri-sendiri kan mereka wajib memenuhi ketentuan pengurusan, tapi kalau merger mereka akan lebih efisien dan lebih tidak lagi sendiri-sendiri," kata dia dalam acara Pelatihan dan Gathering Media Massa, di Bandung, Jumat (3/5/2019).

OJK mencatat sebanyak 722 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang tersebar di seluruh Indonesia belum memenuhi ketentuan modal inti.

Dari jumlah tersebut sebanyak 374 belum memenuhi modal inti minimum sebesar Rp 3 miliar. Sementara sisanya sebanyak 348 BPR belum memenuhi sebesar Rp 6 miliar.

Sanksi

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

Dia menyebut apabila BPR tidak dapat memenuhi ketentuan tersebut maka OJK akan memberikan sanksi berupa membatasi aktivitas kegiatan BPR.

"Sanksinya kegiatan dibatasi, yang tadinya punya kegiatan terkait valas, kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing (KUPVA) atau terkait ATM maka kami minta dibekukan dulu termasuk perluasan jaringan kantor dan wilayah operasional BPR akan dibatasi pada tingkat kabupaten," ujar dia.

Ayahandayani menambahkan bagi BPR tidak dapat memenuhi kewajiban memperoleh modal inti minimum seperti ditetapkan dalam regulasi tersebut, maka BPR diharuskan konsolidasi atau merger dengan BPR lainnya.

"Maka kami harusnya mereka (BPR) untuk merger, karena kalau sendiri-sendiri harus memenuhi ketentuan modal inti minimum secara sendiri maka agak sulit, sehingga nanti merger bisa efisien dan siap menghadapi persaingan," katanya.

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan Ditemani Keluarga, Bek Persib Tambah Semangat

Posted: 06 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Bek Persib Bandung, Zalnando, merasa bulan Ramadan tahun ini lebih berkesan. Hal itu karena sekarang dia lebih dekat dengan keluarga, terutama orang tuanya.

Sejak awal, Zalnando memang sangat menantikan Ramadan tahun ini. Dia bisa lebih menikmati bulan penuh berkah ini dan fokus beribadah puasa.

Musim lalu, Zalnando memperkuat Sriwijaya FC yang bermarkas di Palembang, Sumatera Selatan, sehingga membuat dia jauh dari keluarga. Kini, Zalnando bersyukur lebih dekat dengan orang tua.

"Saya senang, karena bisa menemani orang tua dan keluarga di bulan puasa tahun ini," kata Zalnando, seperti dilansir situs resmi Persib.

Pemain Persib asal Kota Cimahi, Jawa Barat ini, berharap menjalani ibadah Ramadan dengan lancar. Apalagi, setelah sekian lama, akhirnya dia berkumpul bersama keluarga saat Ramadan.

"Ramadan kali ini terasa lebih spesial. Berpuasa ditemani sanak saudara di Bandung," tutur pemain berusia 23 tahun ini.

Merasa Bahagia

Zalnando kala masih memperkuat Sriwijaya FC, kini dia berseragam Persib Bandung. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Alhamdulillah akhirnya bisa puasa bareng keluarga di Cimahi, jadi bisa lebih dekat," ungkap Zalnando.

Selain merasa bahagia bisa berpuasa lagi di kampung halaman, Zalnando juga sudah tak sabar untuk menikmati hidangan berbuka favoritnya.

 

Santap Es Buah

"Pastinya enggak sabar untuk menyantap es buah, karena kalau enggak minum es buah itu rasanya bukan bulan puasa," katanya sembari tertawa.

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip, 10 Destinasi Wisata Seru di Purwokerto

Posted: 06 May 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Purwokerto Menteri Pariwisata, Arief Yahya, merekomendasikan Purwokerto sebagai destinasi wisata pada libur Lebaran 2019. Berada di jalur mudik Pantai Selatan Jawa Tengah, Purwokerto memilik beragaram tempat wisata yang khas.

"Purwokerto memiliki karakter unik. Nature dan culture-nya sebenarnya sama baiknya. Kombinasi luar biasa ini yang membesarkan pariwisata Purwokerto. Dengan kualitas luar biasa, Purwokerto layak sebagai destinasi wisata, khususnya untuk libur Lebaran. Destinasi ini juga mudah dijangkau karena salah satu jalur utama ke Yogyakarta. Aspek amenitasnya juga bagus. Pokoknya nyaman berada di Purwokerto," ujar Arief.

Berikut #Top10DestinasiPurwokerto yang layak dikunjungi. Simak, yuk!

1. Baturraden

Destinasi yang satu ini tentunya menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi. Keindahan destinasinya sudah tak perlu diragukan dan sudah banyak ulasan positif mengenai Baturraden di berbagai situs traveling.

2. Rita Super Mall

Rita Supermall Merupakan mal pertama di Kota Purwokerto. Terletak di tengah kota, tepatnya di depan alun – alun yang berada di depan Pendopo Kabupaten, mal ini berada di depan persis kawasan pusat pemerintahan sekaligus tempat keramaian publik.

Rita Super Mall menjadi pilihan utama untuk mencari berbagai kebutuhan. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari gerai kuliner, bioskop, ATM, hingga publik corner. Mal ini pun menjadi pilihan utama generasi millenial untuk nongkrong.

3. Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas

Taman Wisata Purbasari Pancuran Masyang terletak di Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Purbalingga, Jawa Tengah, ini memiliki konsep wisata pendidikan selain sebagai sarana rekreasi bagi pengunjungnya. Lokasi yang berada di desa jauh dari keramaian kota membuat suasana yang tenang sebagai tempat rekreasi untuk mengembalikan kepenatan aktivitas sehari-hari dan cocok untuk tempat edukasi tentang flora dan fauna Indonesia.

Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas mulai dibangun pada tahun 1993 oleh H. Sarimun Budi Purwanto . Awalnya ini merupakan tempat koleksi berbagi jenis ikan air tawar, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang besar. Koleksi ikannya yang sangat lengkap sampai dengan adanya ikan raksasa Arapaima Gigas yang berasal dari sungai di Amazon membuat tempat ini semakin dikenal masyarakat.

4. The Village

The Village Purwokerto adalah sebuah destinasi wisata terbaru yang ada di Kota Purwokerto. Tempat yang terletak di Jalan Raya Baturraden ini sedang hits menjadi perbincangan banyak orang. Di tempat tersebut, wisatawan dapat melihat desain bangunan yang mewah nan megah sambil menikmati makanan khas Purwokerto.

5. Air Mancur Alun Alun

Alun-Alun Purwokerto adalah sebuah tempat yang sangat modern Air mancur berwarna-warni dan berbagai wahana yang ada di tempat ini, seperti mobil lampu, odong-odong, serta becak-becakan, menjadi sebuah daya tarik tersendiri. Di Alun-alun Purwokerto ini wisatawan juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati wisata kuliner Purwokerto yang tersebar di area alun-alun. 

6. Curug Telu

Purwokerto memiliki obyek wisata yang sangat mempesona, khususnya di Kecamatan Baturraden. Salah satunya adalah obyek wisata Curug Telu. Selain airnya yang jernih, curug ini memiliki tiga titik air yang mengalir dari atas ke bawah. Selain itu, curug ini juga jarang sekali terkena cahaya matahari, kecuali jam 12 siang saat matahari berada tepat di atas kepala. Menariknya, saat cuaca bagus pada siang hari, kita bisa melihat kejernihan airnya sampai dasar. Padahal, kedalamannya mencapai 5 meter.

7. Kebun Raya Baturraden

Kebun raya yang satu ini jika dilihat secara sekilas mirip dengan Kebun Raya Bogor. Apabila dilihat sejarah Kebun Raya Baturraden, objek wisata ini memang rencananya akan dijadikan sebagai Taman Tanaman Pegunungan Jawa sejak peresmian pembukaan pada 2004. Lanskap yang tepat serta lokasinya yang berada di tengah Pulau Jawa, menjadikan objek ini sangat prospektif sebagai objek wisata terpadu di masa yang akan datang.

Jangan lupa abadikan saat – saat terbaik Anda di Kebun Raya Baturraden Purwokerto, terutama ketika Anda berada di komplek taman bunga. Bunga – bunga yang ada di taman ini tidak hanya bunga lokal, melainkan juga bunga impor dari luar negeri.

8. Taman Akuarium Besar Purbasari

Di obyek wisata ini kita dapat menikmati berbagai macam hiburan. Sebut saja taman aquarium air tawar, kolam renang, water boom, bird park, dan wisata air telaga fulus. Atraksi hiburan andalannya adalah akuarium air tawar yang berisi ikan air tawar raksasa. Ikan bernama Arapaima Gigasini ini merupakan ikan liar yang berasal dari sungai Amazon di Amerika Selatan dengan sampai panjang dua meter. Ikan ini berwarna coklat keemasan dengan bercak-bercak berwarna oranye di sekujur sisiknya.

Di sini juga ada belut besar yang hidup dari sungai Serayu dalam satu akuarium khusus. Belut ini memang bersifat endemik di daerah perairan sekitar waduk Merica Banjarnegara. Belut berukuran besar ini sering berada dalam liang buatan dan kadang keluar meliuk-liuk dalam air. Warna dasar kulitnya yang berwarna hitam dengan beberapa motif membuat tampilannya banyak menarik perhatian pengunjung.

9. Masjid Jendral Besar Soedirman

Masjid Jenderal Besar Soedirman adalah sebuah tempat ibadah umat muslim yang terbesar yang ada di kota Purwokerto. Masjid ini menjadi tempat yang wajib banget didatangi oleh kamu yang beragama muslim. Sebab, arsitektur masjid ini begitu menawan, baik di bagian luar maupun dalam.

10. Desa Wisata Ketenger

Ketika berwisata ke Baturraden, belum lengkap tanpa mengunjungi Desa Wisata Ketenger. Desa ini terkenal memiliki alam yang asri dan alami. Bahkan, keindahannya mirip di luar negeri atau serasa berada di Pedesaan Switzerland.

Berada di desa ini, traveler dapat menikmati pemandangan alam nan hijau. Di sini juga terdapat banyak curug, seperti Curug Gede, Curug Kembar, Curug Bayan, Curug Celiling, dan lainnya. Tak hanya dapat menikmati alamnya yang indah, traveler juga dapat menjelajahi situs peninggalan masa lampau, di antaranya Rel Lori yang pernah digunakan sebagai pengangkut hasil hutan pada zaman Belanda.

Untuk menambah pengalaman berwisata ke desa wisata ini, traveler juga dapat menikmati beberapa kesenian tradisional, seperti Ebeg atau kuda lumping. Ini merupakan atraksi orang menaiki kuda mainan yang terbuat dari anyaman bambu. Jangan lewatkan pula untuk berburu kuliner, seperti tempe mendoan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Orang di Belakangnya Hilang, 7 Foto Editan Cewek Ini Hasilnya Kocak

Posted: 06 May 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak maraknya media sosial Instagram, foto saat ini menjadi kebutuhan yang tak kalah penting bagi para penggunanya. Mendapatkan foto yang sempurna dan bisa diunggah ke media sosial tentu menjadi kebahagiaan tersendiri.

Namun, pernah tidak kamu ketika sedang foto mendapatkan hasil yang sempurna tetapi ada bagian yang terasa mengganggu? Contohnya seperti seseorang, benda atau pun hal lainnya yang membuat foto tersebut jadi kurang sedap untuk dipandang. Tentu saja, tangan kamu akan terasa gatal untuk segara mengeditnya.

Sayangnya tidak semua orang pandai dalam mengedit foto. Maka, cara mudahnya dengan meminta bantuan orang lain untuk mengedit foto. Sama halnya dengan gadis yang satu ini, melalui akun Twitter @askmenfess, ia meminta tolong warga net untuk menghilangkan orang yang ada di belakangnya, bahkan pemilik akun twitter @YuliaAlyaaa ini akan memberi pulsa bagi yang sudah mengeditnya. 

Netizen pun dengan sukarela mengedit foto wanita berkacamata tersebut, memang diedit sih sama warganet, tapi editannya enggak ada yang bener. Nyeleneh semua. Nah, penasaran kan gimana hasil editan foto ala netizen? Berikut deretan editan foto ala Netizen yang bikin kamu senyum sendiri, seperti dirangkum Liputan6.com dari akun twitter @askmenfess, Selasa (7/5/2019).

1. Hmmm enggak gini juga kali

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@hehehevinn)

2. Jurus seribu bayangan

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@diazz0412)

3. Meninjau rumah masa depan

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@badutmekdii)

4. Lagi bawa berita rupanya

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@lvlytzy)

5. Lagi upacara ternyata, hormat dulu mbak!

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@Iyan_WGS)

6. Tolong mbaknya dibawa ke tempat yang lebih terang aja

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@mirandasaharja)

7. Mbak kemana mbak? Kok menghilang?

Editan Kocak (Sumber: Twitter/@brohuda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilihan Busana di Met Gala 2019 Bikin Harry Styles Disebut Gay

Posted: 06 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Debut penampilan Harry Styles di Met Gala membuat tak sedikit mata melirik. Lelaki yang didaulat sebagai satu dari sekian banyak co-hosts, termasuk Lady Gaga, Serena William, Anna Wintour, dan Alessandro Michelle, ini memilih busana cukup berani.

Berjalan di karpet merah di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, Senin, 6 Mei 2019, waktu setempat, member boyband One Direction ini tampil nyentik memakai sheer black top keluaran Gucci.

 

Atasan yang membuat sebagian tubuh bagian atasnya terekspos ini tak jadi satu-satunya langkah bold Harry Styles. Dikombinasikan dengan high-waisted black trousers, pelantun lagu Kiwi ini menyempurnakan penampilan memakai color-coordinated heels dan anting mutiara di telinga kanan.

Tampilan nyentrik ini lantas berbuah ragam komentar warganet. Sebagian dari mereka memuji penamilan Harry yang, sebagaimana dideskripsikan, berhasil walau mengambil terlalu banyak risiko, sementara sisanya bersuara berbeda.

Harry Styles di karpet merah Met Gala 2019 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, 6 Mei 2019. (ANGELA WEISS / AFP)

Penampilan, mulai dari pemilihan atasan beraksen transparan, sepatu hak, anting walau hanya di satu telinga, hingga nail polish yang dipoleskan, membuat tak sedikit warga dunia maya menyebut Harry terlihat bak gay. 

"Saya tahu Harry memang suka bereksperimen dengan penampilan. Tapi, yang satu ini membuatnya terlihat seperti gay. Maaf, saya harus mengatakannya," tulis salah seorang netter. "Apakah Harry Styles memakai baju saya?" sindir yang lain.

"Mengapa Harry terlihat seperti yang lain? Seolah ia memperlihatkan sisi bahwa ia seorang gay," komentar seorang warganet. "Melihat ini, saya tetap pada pandangan saya bahwa Harry Styles memang gay dan tidak berani mengakuinya," sambung yang lain.

Hadir Bersama Desainer Gucci

Desainer GUCCI Alessandro Michele dan Harry Styles di karpet merah Met Gala 2019 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat, 6 Mei 2019. (ANGELA WEISS / AFP)

Harry Styles tampak hadir bersama Creative Director Gucci, Alessandro Michele. Kontras dengan Harry, sang desainer tampil memakai busana senada dan menyempurnakan penampilan dengan headpiece.

Kemunculan keduanya membuat publik berspekulasi bahwa sebenarnya mereka adalah pasangan. "Tolong beri tahu saya bahwa mereka memang pasangan," tulis warganet.

Terlepas dari ragam kontroversi yang menyertai, tema yang diusung Met Gala tahun ini adalah Camp: Notes on Fashion. Usungan ini mengharapkan banyak pilihan busana teatrikal dengan twist menarik di sana-sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Tetap Nyaman Naik Sepeda Motor Saat Berpuasa

Posted: 06 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat menghadapi kemacetan di ibu kota, sepeda motor pasti lebih cepat dibanding mobil. Sayangnya, sepeda motor tak senyaman seperti mobil yang menggunakan AC. Sehingga terik matahari menjadi godaan tersendiri saat puasa.

Saat menggunakan sepeda motor Anda harus tetap mematuhi aturan lalu lintas dan tidak lupa memakai safety gear dengan lengkap. Selain untuk menghindari tilang, penggunaan safety gear juga meminimalisir dampak kalau terjadi kecelakaan.

Nah, supaya riding di siang hari saat berpuasa tetap nyaman, ada beberapa tips pemilihan safety gear yang aman dan tentunya anti bolos puasa dari akun instagram @hondajogjakarta. Berikut ulasannya:

1. Helm

Pilih helm yang memliki ventilasi bagus supaya sirkulasi udara tetap berjalan dan terhindar dari panas. Cirinya biasanya terdapat beberapa panel di eksterior dan lubang-lubang kecil di interior helm.

Selanjutnya

2. Jaket

Selain helm, pemilihan jaket juga disarankan yang dilengkapi dengan ventilasi. Selain itu, Otolovers juga bisa memilih jaket berbahan mesh atau bahan lainnya yang memungkinkan angin untuk masuk perlahan.

3. Kaos

Gunakan kaos yang mudah menyerap keringat. Jika tidak ada, sediakan baju ganti supaya rekan kerja, keluarga, atau pacar tidak terganggu bau keringat.

Selanjutnya

4. Warna

Sebisa mungkin, hindari menggunakan pakaian berwarna hitam atau gelap, baik jaket maupun kaos. Pasalnya, warna gelap akan lebih mudah menyerap panas ketimbang yang berwarna cerah.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Baru Yogyakarta Dilengkapi Kereta Layang di 2020

Posted: 06 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) tengah menyiapkan kereta bandara dari dan menuju bandara baru Yogyakarta atau yang disebut Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Keberadaan kereta tersebut diharapkan mempermudah akses masyarakat ke bandara baru tersebut.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan, kereta bandara yang dibangun menuju Stasiun Wojo. Dari stasiun tersebut telah ada jalur kereta eksisting ke Stasiun Tugu yang berada di pusat kota Yogyakarta.

"Yang jelas kereta api akan membangun nanti. Nanti akan ada langsung dari Stasiun Wojo ke YIA akan langsung ada kereta kalayang (elevated) masuk ke sini," ujar dia di Yogyakarta, Selasa (7/5/2019).

Untuk pembangunannya, Angkasa Pura I akan bekerja sama dengan PT KAI di mana untuk jalur kereta di dalam bandara akan dibangun oleh Angkasa Pura I dan di luar bandara hingga ke Stasiun Wojo dibangun oleh KAI. Pembangunan jalur tersebut segera dilakukan sehingga pada 2020 kereta menuju YIA sudah bisa beroperasi

"Segala sesuatu yang langsung dibangun di atas 500 hektare ini yang membangun dan membiayai adalah Angkasa Pura I. Tapi begitu keluar tergantung, misalnya kereta api ya Kereta Api (KAI). Mungkin sebaiknya ditanyakan ke KAI siapa investornya," kata dia.

Devy mengungkapkan, adanya kereta api diharapkan bisa menjadi alternatif bagi masyarakat menuju YIA. Sehingga masyarakat mempunyai banyak pilihan saat akan terbang melalui bandara baru Yogyakarta yang terletak di Kabupaten Kulon Progo tersebut.

"Jadi di sini diharapkan orang punya berbagai macam pilihan tranportasi moda. Satu, mereka bisa naik kereta ini nyambung nanti langsung ke Stasiun Wojo kereta apinya. Kemudian mereka bisa naik bus karena enggak semua bisa lewat jalur kereta kan. Ketiga, tetap pilihan taksi maupun kendaraan pribadi atau sewa kendaraan," tandas dia.

Bandara Baru Yogyakarta Tampung 8 Juta Penumpang di 2019

Angkasa Pura I Gandeng TWC Dukung Operasional Bandara Baru Yogyakarta.

PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) hari ini resmi mengoperasikan bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang terbang komersil dari bandara yang berlokasi di Kulon Progo tersebut.

Angkasa Pura I menargetkan jumlah penumpang di bandara baru Yogyakarta ini mencapai 8 juta penumpang hingga akhir tahun ini.

"Minimum 8 juta per akhir tahun ini," ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji, di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Dia mengungkapkan, angka tersebut merupakan jumlah penumpang yang ada di Bandara Adisutjipto saat ini. Dengan beroperasinya YIA diharapkan penumpang yang sebelumnya menggunakan Bandara Adisutjipto bisa beralih ke YIA ini.

"Karena gini, kapasitas Yogyakarta (Adisutjipto) 1,8 juta tetapi penumpangnya 8,4. Berarti kan sudah lebih dari 400 persen, dan itu yg harus bisa pindah ke YIA," kata dia.

Citilink Mulau Operasi di YIA

Citilink menjadi maskapai pertama yang melakukan penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Liputan6.com/Septian Deny

Sebelumnya, Citilink optimis penerbangan melalui Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) akan dipenuhi penumpang seperti di Bandara Adisutjipto saat ini. Anak usaha Garuda Indonesia tersebut menjadi maskapai yang pertama beroperasi secara komersil di YIA.

Direktur Utama Citilink, Juliandra Nurtjahjo mengatakan, mulai hari ini, Citilink mulai mengoperasikan pesawat dari dan menuju YIA dengan frekuensi 1 penerbangan per hari. 

"Kita daily, tiap hari. Sehari sekali," ujar dia di Bandara Halim Perdanakusuma.

Namun demikian, penerbangan tersebut akan terus ditambah seiring dengan kebutuhan di YIA tersebut. Dirinya optimis YIA akan menarik banyak penumpang untuk terbang melalui bandara ini.

‎"Harus yakin lah. Yang jelas kita kan enggak sendirian, pemerintah punya program, termasuk Angkasa Pura-nya pasti punya program‎. Ya kan kita tahu rute Jogja kan‎ bagus sebenarnya. Ini kan bagian dari Yogyakarta juga," kata dia.

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lihat, London ‘Berubah’ Usai Istri Pangeran Harry Melahirkan

Posted: 06 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Harry dan istrinya sedang berbahagia menyambut kelahiran anak pertamanya hari Senin (6//5). Sejumlah ikon di kota London pun tampil berbeda, meriah dihiasi warna kebangsaan Inggris; biru, putih dan merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klop Banget, 6 Pasangan Zodiak Ini Punya Ikatan Batin yang Kuat

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang percaya pada astrologi. Seringkali, ramalannya bukan hanya panduan tapi bahkan untuk menentukan suasana hati.

Tiap zodiak memiliki karakteristik sendiri, baik positif atau negatif. Bila Anda mencari pasangan yang ideal, Anda harus menyamakan emosional Anda dengannya terlebih dahulu.

Melansir dari Betterme.tips, 6 pasangan zodiak ini memiliki koneksi emosional yang dalam. Zodiak apa saja?

1. Gemini dan Aquarius

Mereka sangat bersemangat, suka berpetualang, dan mengambil risiko. Mereka suka menjalani hidup yang penuh tantangan. Pasangan ini saling melengkapi dengan sangat baik.

2. Libra dan Cancer

Cancer sangat sensitif dan peduli, Libra sangat emosional. Mereka berdua cenderung menciptakan hubungan yang tenang dan mendalam.

3. Libra dan Scorpio

Nyala api asmara mereka bersinar terang selama bertahun-tahun. Pasangan ini sangat bersemangat dan terobsesi satu sama lain.

 

4. Virgo dan Taurus

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Mereka adalah teman dan kekasih yang sangat baik. Mereka memiliki keinginan dan pandangan hidup yang sama. Taurus ambisius, tapi Virgo membumi.

5. Sagitarius dan Aries

Mereka pasangan paling berani. Mereka ingin tahu tentang kehidupan dan tak ragu meninggalkan zona nyaman mereka. Mereka sangat intelektual dan tak pernah merasa bosan satu sama lain.

6. Cancer dan Pisces

Ini pasangan paling emosional. Mereka sensitif, romantis, dan sangat suka berbicara tentang perasaan mereka. Mereka memiliki hati yang sangat besar dan perasaan yang kuat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringatan Hari Waisak 2019 Pindah ke Candi Muara Takus, Ini Alasannya

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kampar - Peringatan Hari Waisak Nasional tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika biasanya peringatan Hari Waisak dipusatkan di Candi Borobudur, tahun ini dipindah ke cagar budaya Candi Muara Takus, di Kampar, Riau, pada 12-25 Mei 2019.

"Hari Waisak Nasional biasanya dilaksanakan di Candi Borobudur, tapi tahun ini kami dipercaya menjadi tuan rumah Hari Waisak Nasional yang akan difokuskan di Candi Muara Takus," kata Gubernur Riau, Syamsuar, dikutip Antara, Selasa (7/5/2019).

Peringatan Hari Waisak digelar 12-25 Mei 2019 akan terdiri dari beberapa kegiatan. Berdasarkan laporan panitia, lanjutnya, umat Budha akan menggelar bakti sosial seperti sunat massal, operasi bibir sumbing, dan kegiatannya lainnya di komplek Candi Muara Takus.

"Tentu kita berharap kegiatan Hari Waisak Nasional di Riau berjalan dengan baik dan lancar, sehingga kegiatan ini bisa mendorong ekonomi masyarakat setempat. Mereka panitia juga akan melakukan sosialisasi agar mendapat dukungan dari masyarakat setempat," katanya.

Ia menyambut positif kegiatan bertaraf nasional itu. Apalagi laporan dari panitia menyebutkan peringatan Waisak akan dihadiri 3.000 sampai 5.000 peserta, 60 orang biksu nasional dan para tamu undangan dari berbagai negara.

Syamsuari berharap agar para komunitas umat Buddha di Indonesia umumnya dan Riau khususnya dapat mendorong percepatan Candi Muara Takus sebagai warisan dunia.

"Candi Muara Takus ini kan sudah masuk list di UNESCO, kami harap dorongan para komunitas umat Budha dapat mempercepat Candi Muara Takus sebagai warisan dunia. Karena untuk bisa ditetapkan sebagai warisan dunia butuh dukungan orang banyak," katanya.

Selain itu, ia juga mengharapkan kegiatan Hari Waisak Nasional dapat disesuaikan dengan jadwal umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

"Kami sudah menyampaikan ke panitia agar kegiatan dapat disesuaikan. Kegiatan ini dimulai pukul 17.00-21.00 WIB. Intinya saling menjaga dan menghormati sesama umat," katanya.

Setiap tahun ratusan umat Buddha dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Riau sebenarnya selalu merayakan Hari Waisak di Candi Muara Takus. Dipilihnya situs cagar budaya candi Muara Takus sebagai tempat perayaan kegiatan ini karena di kawasan itu diyakini sebagai peninggalan abad ke-7 yang merupakan sebuah universitas agama Buddha di zamannya.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lawan Barcelona, Van Dijk Absen dari Latihan Liverpool

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Bek Liverpool, Virgil van Dijk tidak tampak dalam pelatihan tim pada Senin (6/5/2019). Hal ini memunculkan spekulasi Van Dijk akan absen saat melawan Barcelona dalam leg kedua semifinal Liga Champions pada Rabu (8/5/2019) dini hari WIB di Anfield.

Pemain internasional Belanda itu sepanjang musim ini menjadi bagian penting di lini belakang Liverpool. Bahkan, Van Dijk pekan lalu dinobatkan sebagai pemain terbaik PFA untuk musim 2018-2019.

Seperti dilansir The Mirror, potensi absennya Van Dijk tentu membuat pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, pusing. Sebab, The Reds tidak akan diperkuat dua penyerang andalan yakni Mohamed Salah dan Roberto Firmino kala menjamu Barcelona.

Padahal, Liverpool butuh setidaknya menang 4-0 atas Barcelona untuk lolos ke final Liga Champions musim ini. Di leg pertama yang berlangsung Camp Nou, Jordan Henderson dan kawan-kawan takluk tiga gol tanpa balas.

Ironisnya, selain Van Dijk, Salah, dan Firmino, Naby Keita juga tidak akan turun dalam pertandingan kontra Barcelona di Anfield. Belum diketahui pasti alasan Van Dijk di sesi latihan terakhir sebelum melawan Blaugrana.

Tidak ada pemain Liverpool yang mengambil bagian dalam sesi terbuka untuk media di tempat latihan klub, Melwood. Juru bicara tim menyarankan mereka melakukan 'sesi wawancara individu yang dirancang khusus' untuk kebutuhan spesifik mereka.

Masalah Kaki

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, berbincang dengan Virgil van Dijk. (AFP/Paul Ellis)

Van Dijk diragukan tampil kabarnya karena sang pemain menderita masalah kaki dalam beberapa pekan terakhir. Liverpool sendiri belum memberikan pernyataan soal kondisi Van Dijk.

Namun, Van Dijk diketahui merupakan salah satu pemain yang tidak tergantikan posisinya di skuat The Reds musim ini. Bukan mustahil kaki mantan pemain Southampton ini mulai kelelahan jelang musim berakhir.

Posisi Kedua

Saat ini Liverpool menduduki posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris. Liverpool mengumpulkan 94 poin dari 37 laga, tertinggal satu poin dari Manchester City, yang berada di puncak klasemen.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Cegah Kulit Kering Selama Puasa Ramadan

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama puasa Ramadan, kulit rentan dehidrasi. Hal ini membuat kulit rentan kering karena kurangnya asupan yang mempengaruhi lapisan kulit itu sendiri.

"Kendala menjaga hidrasi kulit pada saat Ramadan karena perubahan pola asupan makanan, biasanya tubuh bisa memperoleh asupan tanpa adanya batasan jam khusus," kata Ika Anggraini, dokter spesialis kulit dan kelamin Bamed Skin Care dalam sebuah temu media di Jakarta, ditulis Selasa (7/5/2019).

Ketika puasa Ramadan, tubuh tidak mendapatkan asupan dalam kurun waktu sekitar 13 jam. Padahal, tubuh tetap bermetabolisme seperti biasanya, serta melakukan eksresi cairan dan buang air kecil. Apabila asupan cairan kurang saat sahur atau buka puasa, tubuh bisa mengalami masalah.

"Terlebih lagi apabila terdapat penyakit penyerta, contohnya diare, demam tinggi, ataupun diabetes melitus. Hal itu akan memperparah masalah dehidrasi kulit ketika Ramadan," kata Ika menambahkan.

 

Kulit Mudah Kering Karena Dehidrasi

Dokter spesialis kulit mengungkapkan penyebak kulit kusam saar Ramadan dan menyarankan untuk minum air yang cukup dan menggunakan pelembap. (Foto: iStockphoto)

Apabila kulit kering karena dehidrasi, lapisan pelindung kulit akan terganggu. Masalah ini membuat bahan iritan ataupun bakteri lebih mudah masuk lewat kulit.

Sehingga, saat menjalani puasa Ramadan, cukupi kebutuhan cairan Anda saat sahur maupun buka puasa. Yang paling mudah tentu saja dengan tetap mengonsumsi minimal dua liter air putih atau 8 gelas per harinya.

Selain itu, konsumsi juga makanan berkuah, sayur-sayuran, hingga buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan jeruk. Ini bisa menambahk asupan cairan pada tubuh selain dari konsumsi air minum.

"Disarankan untuk mengurangi konsumsi kafein karena kafein merupakan diuretik yang akan meningkatkan risiko kehilangan cairan dari tubuh," Ika menambahkan.

 

Puasa Bikin Kulit Lebih Cerah

Puasa Ramadan (sumber: iStockphoto)

Nutrisi yang tercukupi dengan baik juga membuat kulit terlihat lebih cerah meskipun sedang berpuasa.

"Jadi kalau kita sahur, minum air putih, konsumsi kalori yang mengandung lemak, lipid-nya bisa dipecah lipid barrier. Itu yang bisa membuat kulit lebih cerah," kata Ika.

Apabila seseorang berpuasa namun tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan dengan pemanis buatan, racun yang masuk juga akan lebih sedikit.

"Oleh karena itu kalau makannya benar, asupan nutrisinya cukup, serta tidak terlalu banyak aktivitas di luar, itu bisa membuat kulit lebih cerah dan bersinar," ujar Ika kepada Health Liputan6.com.

 

Jangan Lupa Mandi

Ternyata selain kebiasaan makan, kebiasaan cara mandi yang kerap dilakukan juga bisa menentukan kepribadian Anda, lho. Penasaran? (Foto: iStockphoto)

Hindari juga paparan sinar matahari yang berlebihan. Suhu lingkungan yang panas bisa meningkatkan eksreksi keringat dari tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Apabila Anda ingin berolahraga, lakukan setelah berbuka puasa. Hal ini karena kebutuhan dan eksresi cairan akan meningkat saat berolahraga.

"Tentu saja akan lebih baik lagi jika dilakukan setelah menjalankan ibadah salat tarawih, agar lebih lengkap ibadahnya," kata Ika.

Jangan lupakan juga kebiasaan yang merawat kulit seperti mandi dua kali sehari. Gunakan juga sabun berpelembab, serta pelembab kulit secara rutin agar mempertahankan kelembaban kulit.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah di Usia 44 Tahun, Begini Perasaan Inka Christie

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inka Christie membawa kabar bahagia. Rocker era 90-an ini telah dipersunting pria bernama Sandiego Africo pada 27 April 2019 lalu.

Pernikahan Inka Christie membuat heboh warganet. Sebab, pernikahan tersebut dilakukan sang Lady Rocker di usianya yang menginjak 44 tahun.

Tak hanya bagi masyarakat, Inka Christie justru mengaku tak percaya dengan kenyataan tersebut. Bahkan, Inka Christie mengatakan bahwa pernikahannya itu bagaikan mimpi.

"Ya memang kita percaya enggak percaya sih, awalnya kayak mimpi. Dia (suami) sendiri waktu di pelaminan bilang kayak mimpi ya. Memang semuanya serba cepat ya, kenalnya sudah lama, di 2019 kita ketemu lagi dan memutuskan untuk menikah," kata Inka Christie ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (6/5/2019).

"Perasaannya ada campur-campur ya, senang, terus ternyata jodohnya," ia melanjutkan.

Baru Terjalin Lagi

Inka Christie menikah (Sumber: Instagram/mezzophotoupdate)

Hal itu dibenarkan oleh suami Inka Christie. Menurutnya, hubungan mereka baru terjalin kembali beberapa waktu belakangan.

"Dulu kita sudah kenal, komunikasi sempat ada memang enggak intens, setiap hari bahkan setahun juga sempat enggak ada sama sekali komunikasi," ungkap suami Inka Christie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Orang Berpuasa Ketika Dicaci Maki

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan hari ini menghadirkan bacaan yang dibaca ketika orang berpuasa dicaci maki orang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ria Ricis Rindu Jalani Ibadah Puasa Bersama Keluarga

Posted: 06 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ria Ricis, YouTuber cantik asal Batam yang kini tengah menduduki peringkat kedua dengan subscribers terbanyak di Indonesia, menceritakan beberapa hal yang ia rindukan pada Ramadan tahun 2019. Cerita tersebut Ia bagikan dalam video yang diunggah pada akun YouTube keduanya, yakni Ricis TV.

Cerita ini sengaja dia bagikan untuk mengisi segmen #DiaryRicis yang dibuat khusus untuk membahas seputar hidupnya. Dalam video berdurasi tujuh menit ini, Ricis mengaku hal pertama yang ia rindukan adalah saat buka puasa dan sahur bersama keluarga.

"Hampir tiga-empat tahun ke belakang , Ricis sahur dan berbuka itu sendirian," ungkapnya dalam video yang diunggah di channel Ricis TV, Jumat (3/5/2019).

Selanjutnya, Ricis juga mengaku sangat merindukan suara beduk sahur saat Ramadan. Hal ini diakuinya karena beberapa tahun ke belakang, ia semakin jarang mendengar suara beduk sahur yang biasanya dikumandangkan oleh anak-anak sambil berkeliling.

Adik kandung dari artis Oki Setiana Dewi ini juga menceritakan perbedaan yang ia rasakan pada Ramadan tahun ini dan tahun lalu. Misalnya, Ramadan tahun ini ia dapat berkumpul dengan banyak orang di dalam rumah barunya yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan rumah sebelumnya.

Ia mengaku, rumah lama yang yang sempat ia tempati tidak terlalu besar dan hanya bisa menampung lima hingga enam orang.

 

Rindu keluarga

Ria Ricis menjenguk ABZ di rumah sakit di Pontianak, Kalimantan Barat (Dok.Instagram/@riaricis1795/https://www.instagram.com/p/BwGMuLUpAaU/Komarudin)

Sambil menitikkan air mata, Ricis menceritakan hal yang paling ia rindukan di bulan puasa setiap tahun, yaitu ketika dirinya dapat duduk semeja dengan keluarga. Apalagi hampir tiga tahun ia tidak dapat merasakan momen tersebut.

Yang paling membuatnya sedih adalah kala mengingat isi candaan dalam keluarga kalau  berkumpul dalam satu meja makan. 

"Biasanya yang sering bercanda itu saudara, seperti kakak, adik, abang, ada aja yang diomongin," ucapnya

Ricis juga mengaku di bulan Ramadan beberapa tahun terakhir, ia sering berbuka di tempat kerja atau dengan partner kerjanya. Ia menambahkan bahwa dirinya pernah mengalami buka puasa di jalan, di masjid, bahkan buka puasa 40 menit setelah azan magrib berkumandang akibat terjebak di jalan tol.

Di akhir video, Ricis menyampaikan pesan untuk mengurangi hal-hal buruk dan memperbanyak pahala saat bulan puasa.

"Karena tentu saja pahala dilipatgandakan oleh Allah di bulan puasa ini," ujarnya menandaskan.

 

Penulis: Firda Suci Khairunnisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Menu Buka Puasa Untuk Penderita Diabetes, Tetap Sehat Saat Ramadan

Posted: 06 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini, bulan Ramadan jatuh pada awal bulan Mei 2019. Di bulan penuh berkah ini, orang-orang berbondong-bondong mempersiapkan diri menjalani puasa selama satu bulan penuh. Salah satunya dengan mempersiapkan menu buka puasa.

Buka puasa menjadi rukun wajib untuk mengamalkan puasa. Pasalnya, setelah menahan haus dan lapar selama 13 jam, tubuh butuh asupan yang sehat dan bergizi sekaligus mengenyangkan. Namun, tidak semua orang dapat menikmati berbagai menu buka puasa yang tersedia di warung-warung.

Misalnya mereka yang menderita diabetes. Banyak pantangan yang harus diperhatikan para penderita diabetes agar tetap bisa menjalani puasa yang hanya datang sekali dalam setahun ini. Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan 5 menu buka puasa khusus untuk penderita diabetes, seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (7/5/2019).

1. Kolak dengan takaran gula khusus

Menu buka puasa untuk penderita diabetes (Sumber: Bintang.com)

Di beberapa daerah di Indonesia, kolak menjadi salah satu menu wajib untuk buka puasa. Selain rasanya yang nikmat, kuah kolak juga menyegarkan. Bagi penderita diabetes, kolak bisa dijadikan alternatif menu buka puasa.

Dilansir Liputan6.com dari dr. Bhanu, SpPD selaku dokter penyakit dalam RSU Bhakti Asih, Jakarta, Selasa (7/5/2019), batas konsumsi gula bagi orang yang tak menderita diabetes adalah empat sendok makan per harinya. Sementara itu, sedikit di bawahnya bagi pasien diabetes.

Untuk itu, para penderita diabetes tetap bisa merasakan nikmatnya kolak asal dengan takaran gula khusus. Salah satu makanan yang mengandung indeks glikemik rendah adalah pisang dan kacang-kacangan. Maka, kolak pisang bisa dimasukkan ke dalam menu buka puasa bagi penderita diabetes.

Seperti yang diungkapkan dr. Bhanu, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman rendah angka indeks glikemik. Semakin rendah angka indeks glikemik, semakin sedikit pula dampak yang diberikan makanan terhadap gula darah.

2. Air Kelapa

Menu buka puasa untuk penderita diabetes (Sumber: Shutterstock)

Air kelapa bisa dibilang menu buka puasa paling cocok untuk penderita diabetes. Dikutip Liputan6.com dari Health Line, Selasa (7/5/2019), air kelapa dapat menurunkan gula dalam darah. Selain itu, air kelapa juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes tipe dua dan pra-diabetes. 

3. Kurma

Menu buka puasa untuk penderita diabetes (Sumber: iStockphoto)

Kurma adalah salah satu menu buka puasa yang sesuai bagi penderita diabetes. Seperti diketahui, kurma mengandung indeks glikemik sedang. Dengan demikian, mengonsumsi kurma saat buka puasa bisa jadi pilihan bagi para penderita diabetes.

Menurut Juwalita Surapsari sebagai dokter spesialis gizi klinik, dua hingga tiga butir kurma sudah cukup untuk mengembalikan gula yang turun karena puasa. Maka dapat disimpulkan bahwa buah kurma bisa dikonsumsi penderita diabetes khususnya saat buka puasa dengan syarat tidak berlebihan.

4. Rumput Laut

Menu buka puasa untuk penderita diabetes (Sumber: Liputan6.com)

Jika bosan dengan makanan tradisional, penderita diabetes bisa mulai mencicipi rumput laut sebagai menu buka puasa. Pasalnya, senyawa dalam rumput laut dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin. Khususnya rumput laut cokelat karena mengandung fucoxanthin yang dapat membantu kontrol gula darah.

5. Sayur Pare

Menu buka puasa untuk penderita diabetes (Sumber: Shutterstock)

Penderita diabetes rentan akan kandungan gula darah yang tinggi. Sehingga penderitanya pantang konsumsi makanan manis. Untuk itu, sayur pare bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa. Pasalnya, pare mengandung zat antidiabetes bernama charantin yang berfungsi menurunkan gula darah.

Hal ini juga disebutkan dalam jurnal medis berjudul Ethnopharmacology, bahwa 2000 miligram dosis pare bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2, meskipun tidak sebanyak obat diabetes metformin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker Barcelona Yakin Tidak Akan Dicemooh Suporter Liverpool

Posted: 06 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Striker Barcelona Luis Suarez yakin dirinya tidak akan dicemooh suporter Liverpool. Suarez kembali ke Anfield, Rabu (8/5/2019) dini hari WIB, saat Barcelona menghadapi Liverpool pada leg kedua semifinal Liga Champions.

Suarez meninggalkan Liverpool menuju Barcelona pada 2014 silam. Sejak saat itu, dia sukses meraih semua gelar di level klub yang tak pernah ia bisa wujudkan bersama The Reds.

Ketika kembali bertemu Liverpool di partai leg pertama semifinal Liga Champions, pekan lalu, Suarez mencetak gol. Ia pun tak sungkan untuk merayakan gol tersebut.

Tak hanya berselebrasi, pemain Barcelona asal Uruguay tersebut juga beberapa kali mencoba memprovokasi sejumlah pemain Liverpool, seperti Andy Robertson dan Alisson Becker. Hal itu sontak membuat fans Liverpool geram.

 

Janji Tak Selebrasi

Aksi Luis Suarez saat dihadang Joel Matip pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soriano)

Suarez mengakui dirinya tak bisa menahan untuk tak merayakan golnya di Camp Nou. Namun untuk leg kedua di Anfield, El Pistolero berjanji tak akan berselebrasi jika mencetak gol.

"Orang yang mengetahui sepak bola, mengerti dan dan mencintai olahraga ini, tahu betapa berartinya mencetak gol di semifinal Liga Champions," ujar Suarez seperti dikutip Marca.

"Saya merayakannya bersama fans dan kemudian saya meminta maaf dan beberapa fans Liverpool bertepuk tangan," imbuhnya.

"Tentu saja [di Anfield] saya tak akan merayakan gol untuk menghormati orang-orang, saya juga tidak melakukannya di kandang Groningen ketika tampil memperkuat Ajax," jelasnya.

 

Yakin Dapat Sambutan Hangat

Lebih lanjut, Suarez merasa yakin dirinya bakal mendapat sambutan hangat dari suporter tuan rumah di Anfield, terlepas dari tingkahnya di laga leg pertama.

"Orang-orang tahu betapa besarnya sumbangsih yang dilakukan seseorang di sini dan saya rasa saya akan mendapat lebih banyak tepuk tangan dibandingan cemoohan," tutur Suarez.

"Orang-orang di dapur menyiapkan hadiah untuk saya, putri saya lahir di sini dan putra saya mengetahui chant [Liverpool], dan besok mereka akan datang ke sini," tukasnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Australia Mendadak Dilempar Telur Saat Kampanye, Kenapa?

Posted: 06 May 2019 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menjadi target lempar telur oleh perempuan asing dalam sebuah acara kampanye yang berlangsung Selasa, 7 Mei 2019. Momen itu diabadikan oleh seorang jurnalis dan telah ditayangkan di televisi setempat.

Segera setelah menjadi target lempar telur, Morrison menyeka bagian kepalanya dan membantu perempuan tua yang terdorong dalam insiden itu.

Mengutip The Straits Times pada Selasa (7/5/2019), pelaku lempar telur diketahui seorang perempuan muda yang memprotes kondisi pengungsi. Kepada media, perempuan yang mengenakan pakaian santai itu menyinggung perlakuan Negeri Kanguru di Pulau Manus dan Papua Nugini. Ia juga mengatakan melakukan lempar telur atas kehendak dirinya sendiri.

Sementara itu, sang perdana menteri terlihat marah.

"Kami menentang premanisme baik yang dilakukan oleh aktivis yang tidak memiliki rasa hormat kepada orang lain, atau militan serikat pekerja yang berdiri untuk bisnis kecil dan para karyawan di tempat kerja," kata Morrison melalui Twitter.

Kejadian ini terjadi saat kunjungan yang dilakukan oleh sang perdana menteri ke Kota Albury, New South Wales, Australia.

Untuk diketahui, kejadian lempar telur yang menargetkan politikus telah terjadi beberapa kali.

Eggboy yang Dianggap Pahlawan

Will Connolly, bocah berjuluk Egg Boy, yang melemparkan telur ke senator Australia (AP Photo)

Insiden melempar telur kepada pejabat pernah terjadi pada Februari lalu, menyusul serangan teror di dua masjid Kota Cristchurch, Selandia Baru.

Will Connolly seorang remaja laki-laki di Australia melakukan hal itu terhadap senator Fraser Anning, setelah sang anggota dewan mengatakan insiden teror masjid disebabkan oleh migrasi muslim ke Selandia Baru. Tindakannya menuai pujian global, dianggap heroik. Ia disebut merepresentasikan sikap anti-fasisme dan rasisme.

Remaja berusia 17 tahun itu terekam kamera memecahkan telur di kepala Anning ketika ia sedang berbicara kepada media pada pertemuan politik di tenggara Melbourne, Victoria. Connolly kemudian dipukul oleh anggota parlemen asal Queensland itu dan ditahan oleh para pendukungnya.

Sejak cuplikan gambar insiden itu menyebar ke seluruh dunia, sejumlah pengagum remaja asal Melbourne di media sosial telah menawarinya mobil Ferrari dan liburan bintang lima di Turki.

Dalam sebuah wawancara dalam program The Project di Channel 10, remaja yang beken dengan panggilan 'Egg Boy' itu mengatakan ia menghadiri pertemuan Senator Anning "untuk melihat apakah ia dapat mengubah pikiran saya".

Juga Terjadi di Inggris

Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh di Inggris (AFP Photo)

Tragedi lempar telur juga pernah terjadi di Inggris pada Maret 2019. Saat itu, seorang pria yang mendukung keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) melempar telur ke pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn.

Berbeda dengan remaja Australia Willy Connolly (Egg Boy) yang dianggap pahlawan pasca-melancarkan aksinya, John Murphy (31), pelaku lempar telur kali ini harus masuk bui selama 28 hari. Ia dinyatakan bersalah per Senin, 25 Maret 2019, dengan dakwaan melakukan penyerangan dalam protes pro-Brexit.

Pihak pengadilan Westminster Magistrates yang dipimpin oleh Hakim Agung Emma Arbuthnot, mengatakan bahwa ia telah memperhitungkan "iklim saat ini" untuk memenjarakan pelaku, menyebutnya sebagai serangan terhadap proses demokrasi, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Corbyn menjadi target lempar telur pada 3 Maret 2019 lalu. Saat itu, ia tengah mengunjungi Masjid Finsbury Park yang terletak di Islington, bagian utara London, Inggris.

Ia tidak terluka dalam insiden tersebut, namun mengatakan sangat terkejut dengan serangan, sebagaimana dibacakan dalam pernyataan pengadilan.

Dalam sebuah kesempatan, Corbyn khawatir bahwa tindakan semacam itu akan mendorong pertikaian antara anggota dewan terpilih dan konstituennya.

"Saya merasa serangan semacam ini mendorong pertikaian antara perwakilan terpilih dan mereka yang memilihnya. Kami sekarang tengah meninjau dan meningkatkan perlindungan keamanan saya," tutur sang pemimpin oposisi Inggris.

Adapun masjid yang dikunjungi Corbyn memang pernah menjadi target serangan di masa lalu. Pada 2017, seorang melancarkan teror ke Masjid Finsbury Park, dengan motif anti Muslim, menewaskan satu orang dengan beberapa lainnya luka-luka. Darren Osborne, pelaku, dijatuhi hukuman seumur hidup akibat tindakannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pendakwah Malaysia Sebut BTS Kumpulan Setan

Posted: 06 May 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pendakwah populer asal Malaysia bernama Syed Bakri melakukan protes atas rencana konser boyband BTS yang akan digelar di negaranya. Dalam unggahannya, Syed Bakri menyebut BTS sebagai setan-setan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Disadari, 5 Makanan ini Mengandung Lemak Jahat yang Sebabkan Kolesterol

Posted: 06 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lemak jahat atau yang juga disebut dengan lemak trans adalah bentuk lemak tak jenuh. Ada dua jenis, lemak trans alami dan buatan. Lemak trans alami dibentuk oleh bakteri di dalam perut sapi, domba, dan kambing. Lemak trans ini membentuk 3–7% dari total lemak dalam produk susu, seperti susu dan keju, 3–10% pada daging sapi dan domba dan hanya 0–2% pada ayam dan babi.

Sementara lemak trans buatan kebanyakan terbentuk selama hidrogenasi, suatu proses di mana hidrogen ditambahkan ke minyak nabati untuk membentuk produk semi-padat yang dikenal sebagai minyak terhidrogenasi parsial.

Penelitian telah mengaitkan konsumsi lemak trans dengan penyakit jantung, peradangan, kolesterol LDL "jahat" yang lebih tinggi dan kadar kolesterol HDL "baik" yang lebih rendah. Meskipun bukti terbatas, lemak trans alami tampak kurang berbahaya daripada yang buatan.

Ternyata banyak makanan yang mengandung kurang dari 0,5 gram lemak trans per porsi diberi label memiliki 0 gram lemak trans. Karena itu, ketika perusahaan makanan mengurangi kandungan lemak trans dari produk mereka, sejumlah makanan masih mengandung lemak trans buatan. Untuk mengurangi asupan lemak jahat tersebut, sebaiknya baca daftar bahan dengan hati-hati. Berikut makanan yang ternyata mengandung lemak jahat, dilansir Liputan6.com dari Reader's Digest, Selasa (7/5/2019).

Krimer non-susu

ilustrasi/copyright unsplash.com/cyrii-saulnier

Krimer kopi non-susu, juga dikenal sebagai pemutih kopi, digunakan sebagai pengganti susu dan krim dalam kopi, teh dan minuman panas lainnya. Bahan utama dalam sebagian besar pembuat krimer non-susu adalah gula dan minyak.

Sebagian besar krimer non-susu secara tradisional dibuat dari minyak yang dihidrogenasi sebagian untuk meningkatkan masa simpan dan memberikan konsistensi krim. Namun, banyak merek secara bertahap mengurangi kandungan lemak trans dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun demikian, beberapa krim masih mengandung beberapa minyak terhidrogenasi sebagian. Jika krimer non-susu Anda mencantumkan bahan ini, ia kemungkinan menyembunyikan sejumlah kecil lemak trans bahkan jika itu diiklankan sebagai "bebas lemak trans" atau menyatakan 0 gram lemak trans pada label.

Untuk menghindari lemak trans dari produk-produk ini, pilih varietas non-susu tanpa minyak terhidrogenasi sebagian atau gunakan alternatif, seperti susu murni.

Selai kacang

Selai Kacang / Sumber: iStock

Selai kacang adalah makanan yang relatif tidak melalui banyak proses pengolahan. Selai kacang pada dasarnya hanya kacang yang dipanggang, dan ditumbuk sampai menjadi pasta. Namun rupanya, ini tidak berlaku untuk banyak merek komersial selai kacang yang mengandung berbagai bahan tambahan, seperti gula, minyak sayur, dan bahkan lemak trans. Mengonsumsi terlalu banyak gula dan lemak trans telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung.

Beberapa perusahaan menggunakan minyak terhidrogenasi parsial untuk mencapai umur simpan yang lama dan tekstur krim pada selai kacang, jadi periksa labelnya. Agar aman, pilihlah varietas alami; meskipun lebih tebal dan padat, selai jenis ini juga lebih sehat dan biasanya dibuat hanya dengan garam dan kacang tanah, bukan minyak yang mengandung lemak trans.

Popcorn instan

popcorn karamel/copyright: unsplash/john tecuceanu

Popcorn adalah camilan yang sulit lepas saat menonton film atau bersantai. Tetapi popcorn yang dapat dipanaskan di microwave memiliki jumlah lemak trans yang perlu menjadi perhatian. Penyebab dari kandungan lemak jahat ini terdapat pada perasa atau bumbu popcorn.

Penyedap mentega dapat mencakup 0,5 gram lemak trans per sajian, sementara penyedap karamel dapat mengandung sebanyak 1,5 gram. Beberapa varietas ekstra-mentega dapat memiliki hingga 15 gram lemak trans per kantong popcorn. Perusahaan makanan secara historis menggunakan minyak yang dihidrogenasi sebagian dalam popcorn instan karena titik leburnya yang tinggi, yang membuat minyak padat pada popcorn.

Margarin

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Konsumsi margarin meningkat selama kurangnya mentega pada Perang Dunia II, bahkan Eleanor Roosevelt mempromosikannya sebagai toping roti bakar pilihan. Tapi sebenarnya margarin adalah resep untuk lemak trans berlebih. Untuk membuat krim itu menyebar, minyak nabati cair dipecah dengan hidrogen.

Semakin padat margarin, semakin terhidrogenasi. Banyak label mengklaim memiliki "0 gram" lemak trans, tetapi jika label mencantumkan sebagian minyak terhidrogenasi, jumlah kecil lemak trans tersebut dapat bertambah ketika Anda mengoleskan margarin pada makanan Anda. Jika Anda harus menggunakan margarin, pilihlah margarin yang cair.

Fast food yang digoreng

Aneka Junk Food / Sumber: iStock

Makanan cepat saji yang digoreng, seperti ayam goreng, hamburger, kentang goreng, dan mie goreng, semuanya dapat menahan kadar lemak trans yang tinggi. Lemak trans dalam makanan ini dapat berasal dari beberapa sumber.

Pertama, restoran dan rantai takeaway sering menggoreng makanan dalam minyak nabati, yang dapat mengandung lemak trans yang meresap ke dalam makanan. Selain itu, suhu memasak yang tinggi yang digunakan selama menggoreng dapat menyebabkan kadar lemak trans minyak sedikit meningkat. Kandungan lemak trans meningkat setiap kali minyak yang sama digunakan kembali untuk menggoreng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ragam Kuliner Nikmat di Semarang Ini Patut Dicoba Saat Mudik

Posted: 06 May 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Semarang
Kota Semarang terkenal akan ragam kulinernya yang banyak. Beragam pilihan makanan ini pun dapat masyarakat nikmati saat Lebaran nanti. Asyiknya, kuliner ini berada di spot strategis dengan aksesibilitas mudah. 
 
"Beragam kuliner terbaik ada di Semarang. Cita rasanya nikmat dan sangat otentik. Silahkan singgah di destinasi kuliner tersebut. Silahkan nikmati ragam jenis kulinernya. Pokoknya semuanya akan memberi kesan yang berbeda dan luar biasa," ujar Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya.
 
Secara historis, kuliner Kota Semarang dipengaruhi oleh empat budaya, yaitu Jawa, Arab, India, dan Belanda. Akulturasi budaya ini membuat ragam kuliner di Semarang tumbuh pesat. 
 
"Semarang ini salah satu destinasi kuliner terbaik di Indonesia. Publik mancanegara juga sudah tahun akan hal ini. Untuk itu, saat pulang kampung nanti, Kota Semarang merupakan tempat terbaik untuk berburu kuliner nikmat dan legendaris," ucap Arief.
 
TripAdvisor merilis 10 rekomendasi kuliner terbaik di Kota Semarang. Adapun etalase rujukan kuliner terbaik ada di #PesonaKulinerLebaran2019, #10TopKulinerLebaran2019, dan #PesonaIndonesia. Berikut ini rincian Top 10 Kuliner Terbaik Mudik Lebaran 2019 yang bisa dikunjungi.
 
1. Leonpia Gang Lombok
 
Berada di Kota Semarang kurang lengkap kalau belum menyantap lumpia. Tempat lumpia terkenal ada di Gang Lombok, Pecinan, Semarang. Julukan Semarang sebagai kota lumpia juga berasal dari gang ini. Kuliner ini perpaduan kultur Jawa dan Tiongkok dengan rebung dan udang sebagai isiannya. Gang Lombok juga mengkombinasikan loenpianya dengan telur, udang, dan bawang.
 
Ada dua jenis lumpia yang bisa dinikmati, yaitu basah dan goreng. Untuk isian, rebung memakai bambu betung.  Karena tidak memakai bahan pengawet, lumpia basah ini hanya tahan 24 jam saja. Saking nikmatnya loenpia, 167 responser TripAdvisor memberi label makanan ini luar biasa dan 168 memberi kategori sangat bagus. 
 
2. Warung Soto Bangkong
 
Sama seperti wilayah lainnya, Kota Semarang juga memiliki soto khas yang nikmat, yaitu Soto Bangkong. Nama Bangkong diambil dari lokasinya yang berada di perempatan Bangkong. Salah satu kunci nikmat Soto Bangkong adalah kecapnya yang diproduksi sendiri. Mereka juga menggunakan ayam kampung sehingga membuat kuah menjadi gurih dan nikmat.
 
Menambah daya tarik tampilan, Soto Bangkong juga diisi irisan tomat, bihun, tauge, bawang merah, dan bawang putih. Biasanya soto ini didampingi sate ati, kerang, hingga telur puyuh. Ada juga sate tempe, tahu, dan perkedel. Rasa soto semakin nikmat bila dikombinasi dengan sate kerang. Untuk menikmati Soto Bangkong, silakan menuju perempatan Bangkong, Semarang, mulai pukul 18.00 WIB.
 
3. Soto Kudus Mbak Lin
 
Kota Semarang juga memiliki koleksi Soto Kudus yang super nikmat. Soto Kudus Mbak Lin berada di Jalan Ki Mangunsarkoro, No.15, Semarang. Ada banyak varian soto yang ditawarkan. Mulai dari berkuah bening, kecokelatan, atau kuning kecokelatan. Selain itu, ada juga nuansa Kudus dengan kuah sedikit keruh dan kekuningan.
 
Sebagai menu pendamping, ada juga sate telur puyuh, sate daging ayam, sate usus ayam, sate ampela, hingga sate telur muda. Soto menjadi semakin nikmat bila dimakan bersama bergedel dan sate kerang.
 
4. Lekker Paimo
 
Semarang menawarkan sisi terbaik dari kuliner Lekker Paimo. Kuliner ini sangat legendaris. Lokasinya ada di Jalan Ki Mangunsarkoro, Semarang. Ada ragam varian yang ditawarkan, seperti keju sosis mozzarella. Harganya sekitar Rp 30 ribu per porsi. Sensasi rasanya kian gurih dengan topping sosis, daun bawang, dan telur ayam.
 
Selain itu, ada juga lekker cokelat keju yang dibanderol Rp 4.000 per porsi. Lekker pisang cokelat keju memiliki tekstur lebih tipis. Sensasi rasanya manis dan sangat menggoyang lidah. Leeker Paimo ini buka mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Lekker ini juga membuka cabang di Jalan Karanganyar No. 37 atau di depan SMA Kolase Loyola.
 
5. Loenpia Mbak Lien
 
Lumpia lain yang terkenal di Kota Semarang adalah Loenpia Mbak Lien. Mbak Lien adalah generasi ke-empat dari pencipta resep lumpia Semarang Tjoa Thay Yoe. Mempertahankan tradisi, Loenpia Mbak Lien dijual secara kaki lima dengan konsep kafe tempo dulu. Varian lumpia yang ditawarkannya adalah basah dan goreng.
 
Untuk lumpia basah, isiannya sudah matang. Rasanya otentik agak manis dengan rebung dan telur yang ada di dalamnya. Selain lumpia, pengunjung bisa menikmati minuman seperti teh, kopi, espresso, coklat, dan beragam minuman dingin lain. Lumpia ini ada di Gang Grajen, Jalan Pemuda Nomor 1, Pandansari, Semarang Tengah, Semarang.
 
6. Soto Selan
 
Warung Soto Selan sudah beroperasi 1955. Lokasinya berada di Jalan Depok Nomor 36D, Kembangsari, Semarang Tengah, Kota Semarang. Fisik bangunannya unik dengan arsitektur kuno berlantai 2. Saat ini, Soto Selan dikelola oleh generasi ke-tiga. Penyajiannya unik dengan komposisi nasi putih, taoge rebus, irisan seledri, suwiran daging ayam, dan taburan bawang putih goreng.
 
Rasa kaldunya terasa gurih dengan warna bening. Soto ini menggunakan ayam kampung dan sangat empuk. Porsinya terbagi besar, medium, dan kecil. Soto Selan juga menyediakan sate telur puyuh, sate kerang, sate kulit ayam, otak sapi, ayam goreng, tempe goreng, perkedel, dan hati ampela. Untuk cita rasa pedas ada dua pilihan sambal, seperti sambal merah dan pedas manis.
 
7. Tong Tji Cafe Lobby Hotel Hom
 
Menikmati teh hangat khas Tong Tji menjadi momentum terbaik saat berkunjung ke Semarang. Aroma dan rasa teh ini sangat khas. Varian pilihannya juga beragam. Pengunjung juga bisa merasakan kenikmatan kuliner nasi goreng, tahu bakso, dan tempe mendoan. Silahkan datang ke Jalan Pandanaran Nomor 119, Mugassari, Semarang Selatan, Kota Semarang.
 
8. Gulai Kepala Ikan Pak Untung
 
Pak Untung merupakan spesialis Gulai Kepala Ikan. Lokasi gerainya berada di Jalan Siwalan Nomor 1, Semarang, Jawa Tengah. Setiap harinya buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Hari operasinya hanya Senin sampai Sabtu, untuk hari libur nasional tetap buka. Selama barada di sana, pengunjung bisa memilih aneka menu dengan cita rasa nikmat.
 
Menu utamanya adalah Gulai Kepala Ikan dengan varian Kepala Nila, Salmon, dan Kakap. Ada juga menu lainnya, seperti Gulai Belly Nila dan Belly Nila Goreng. Untuk harganya pun sangat ramah, berkisar Rp 8.000 hingga Rp 30,000. Lokasi Gulai Kepala Ikan Pak Untung sangat strategis. Posisinya berada di Jalan Siwalan Nomor 1, Pemuda, Semarang, Jawa Tengah.
 
9. Ajam Goreng Lombok Idjo
 
Ajam Goreng Lombok Idjo merupakan destinasi terbuka bagi semua kalangan. Lokasinya berada di Jalan Gajah Mada Nomor 158, Semarang. Menu yang ditawarkannya sangat banyak. Ada ayam goreng/bakar, kepala goreng, empal penyet sambal terasi, ati ampela goreng, tahu/tempe, dan sayur bening.
 
Ada juga varian menu balado terong, pete goreng, sop, dan sayur asem. Adapun menu minuman yang ditawarkan antara lain soda soemringah, es sedjoek, es tipis, wedang tomat, es kelapa muda, es kejer, djoes djeruk, dan djoes semangka.
 
10. Super Penyet
 
Super Penyet juga menjadi salah satu lokasi terbaik untuk hangout dan kuliner. Ada banyak keunikan yang ditawarkan, selain cita rasanya yang juara. Spot ini merupakan surganya bagi para pecinta sambal. Varian sambalnya mulai dari terasi segar, kalasan, dondong, dabu-dabu, hingga korek. Rasanya pun beragam, pedas, asam, dan manis. 
 
Super Penyet menyediakan sajian berupa telur penyet, tahu pletok, super ayam penyet, super bakso penyet, hingga super empal penyet. Ada juga super bebek penyet, super udang penyet, super iga penyet, super buntut penyet, dan bandeng presto. Menu ditawarkan dengan harga Rp 3.500 hingga Rp30 Ribu. Untuk minuman, ada Es Fantasi Buah, Es Hijau Daun, Es Fun Jelly, Es Putri Salju, dan Es Hitam Manis.
 
Lokasi dari Super Penyet berada di Jalan Gajah Mada, Nomor 87 , Semarang. Cabang lainnya di Jalan Setiabudi Nomor 207, Banyumanik, dan Jalan Brigjen Katamso Nomor 22, Majapahit.
 
Selamat menikmati!
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gerebek Rumah Pembuatan KTP dan SIM Palsu di Duren Sawit

Posted: 06 May 2019 08:43 PM PDT

Liputan6 SCTV, Jakarta - Polisi menggerebek sebuah rumah di Duren Sawit, Jakarta Timur, yang dijadikan tempat pembuatan identitas palsu. Bukan hanya KTP dan SIM, pelaku juga bisa membuat NPWP serta kartu kredit palsu.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (7/5/2019), dengan bersenjata lengkap, tim Raimas Backbone menggerebek sebuah rumah di Jalan Rawadas, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin malam, 6 Mei 2019. Di dalam rumah, polisi mengamankan empat wanita dan tiga pria pembuat kartu identitas palsu.

Di depan polisi, ketujuh pelaku mengaku sudah tiga bulan membuat KTP, Kartu Keluarga, dan SIM palsu. Bahkan, mereka juga terbiasa membuat NPWP dan kartu kredit palsu.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 14 telepon genggam, laptop, printer, dan tiga buku rekening bank. Polisi juga menemukan sejumlah kartu identitas yang siap diberikan kepada pemesannya.

Rencananya, kartu identitas palsu akan digunakan pemesannya untuk mendaftar sebagai pengemudi ojek online. Ketujuh pelaku dan barang bukti kemudian dibawa ke Unit Kriminal Khusus Polres Metro Jakarta Timur. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Terjunkan Ratusan Personel Amankan Pasokan Listrik di Jatim dan Bali

Posted: 06 May 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) menyatakakn kesiapannya dalam pengamanan pasokan listrik selama bulan Ramadan 1440 H hingga Idul Fitri di wilayah kerjanya.

Salah satu bentuk kesiapannya yaitu dengan menyiapkan 502 personel tenaga teknik siaga, 19 armada penanganan gangguan kelistrikan, serta 5 unit tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan tinggi dan ekstra tinggi (SUTT) 150.000 VOLT.

"PLN UIT JBTB siap menjaga keandalan penyaluran transmisi di wilayah Jawa Timur dan Bali dengan total 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dan 9 kabupaten/ kota di Provinsi Bali," tutur PLH General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIT JBTB, Suharto, Senin (6/5/2019).

Suharto menyampaikan bahwa semua personel disiapkan di 74 lokasi siaga di Kota Madiun, Gresik, Malang, Surabaya, Probolinggo dan Bali dengan rincian 16 titik di kantor UIT JBTB, seluruh UPT dan ULTG; 8 titik Obvitnas dan 50 titik di Gardu Induk.

"Kemudian menyiapkan 155 Gardu Induk (GI) listrik dan 6 Gardu Induk Tegangan Tinggi (GITET) tersebar di Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali," katanya.

 

 

Masih Ada Cadangan Listrik

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

PLN UIT JBTB dengan aset penyaluran transmisi sejumlah 12.564 tower dan saluran transmisi sepanjang 7.887,48 kms dengan rincian ;

1. SUTET 500 KV sejumlah 1.823 tower dan sepanjang 1.343,76 kms

2. SUTT 150 KV sejumlah 8.476 tower dan sepanjang 5.217,76 kms

3. SUTT 70 KV sejumlah 2.122 tower dan sepanjang 1.326,71 kms

Dan 161 buah Gardu Induk dengan rincian ;

1. Gardu Induk 70 /150 KV sejumlah 155 buah dengan kapasitas terpasang sebesar 16.729 MVA

2. GITET 500 KV sejumlah 6 buah dengan kapasitas terpasang sebesar 7.511 MVASaat ini jumlah kebutuhan listrik saat beban puncak untuk wilayah Jawa Timur atau sub sistem Jawa Timur hanya 6.776 MW, sementara kapasitas pembangkit  9.289 MW.

Artinya masih ada cadangan 2.513 MW. Sedangkan Sistem Bali beban puncak untuk wilayah Bali hanya 870,1 MW, sementara kapasitas pembangkit 900 MW.

"Dengan kesiapan personil dan asset yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) UIT JBTB, maka kami yakin mampu menjaga pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1440 Hijriah," ujar Suharto. 

PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman Saat Ramadan

Teknisi mengecek Power Bank dan Mobile UPS penyuplai listrik di Hotel Sultan, Jakarta, (15/2). Pemasangan alat yang disediakan PLN itu untuk penyuplai pasokan listrik acara debat capres dan cawspres  kedua pada Minggu besok. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik selama Ramadan aman. Seperti tahun sebelumnya, siaga pasokan listrik selama Ramadan dan Idul Fitri telah dipersiapkan.

Sebanyak 701 personel berjaga untuk menjaga keandalan listrik di saat umat muslim beribadah sebulan penuh siang dan malam.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad menuturkan, beban listrik untuk wilayah Jakarta masih di bawah daya mampu pembangkit Jakarta yang berada di angka 14.875 MW.

Perkiraan beban puncak selama Ramadan di siang hari yaitu 5.100 MW sama dengan beban puncak siang pada hari biasa, sedangkan malam hari yaitu 4.600 MW, naik 100 MW dibanding beban malam rata-rata 4.500 MW.

"Pasokan listrik cukup. Semoga umat muslim khususnya di Jakarta bisa beribadah dengan lebih khusyuk," kata Ikhsan, Sabtu (4/5/2019).

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melenggang ke Senayan, Eko Patrio Tak Lagi Konsentrasi di Dunia Seni

Posted: 06 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk ketiga kalinya, Eko Patrio lolos sebagai anggota legislatif. Ia akan melenggang ke Senayan, melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun kali ini, Eko Patrio tak mewakili kampung halamannya, Nganjuk, Jawa Timur, seperti dua pemilu sebelumnya.

"Insya Allah kursi keempat, dari enam kursi yang ada. Ini amanah ya, saya harus ketemu dengan masyarakat di Jakarta Timur. Ini pertama kali saya di Jakarta," terang Eko Patrio, di Warung Ekomando, Serang, Banten, baru-baru ini.

Dan Eko Patrio mengaku untuk kali ini ia tak lagi konsentrasi di bidang seni, dan budaya. Ia memilih komisi kesehatan.

 

Perlu Sentuhan Kesehatan

Eko Patrio (Foto: Instagram)

Eko Patrio menjelaskan, ia sudah terjun langsung ke beberapa wilayah di Jakarta Timur. Dan perlu sentuhan kesehatan.

"Saya lihat saat saya ke Jakarta Timur, banyak daerah-daerah yang secara fisik bagus tapi anak usia dini perlu sentuhan kesehatan," paparnya.

 

Kerja Sama dengan Menteri Perumahan Rakyat

(Nurwahyunan/bintang.com)

Bukan itu saja, pria kelahiran 30 Desember 1970 ini juga memiliki program khusus, dengan menggandeng Menteri Perumahan Rakyat.

"Dan satu lagi, rumahnya di sana sangat padat, dan ini bisa kerja sama dengan Menteri Perumahan Rakyat mungkin bisa dibuat rumah yang minimal kena matahari," pungkas Eko Patrio.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Saksi Sidang Ratna Sarumpaet, Begini Kata Fahri Hamzah

Posted: 06 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menjadi saksi sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong dengan terdakwa Ratna Sarumpaet. Menurut dia, sidang ini mubazir atau sia-sia.

"Sebenarnya negara tidak perlu ngabisin-ngabisin tenaga untuk begini, kan persoalan sudah selesai dia kan sudah mengaku," kata Fahri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019).

Fahri Hamzah berpendapat, usai peristiwa mengakunya Ratna Sarumpaet dan konferensi pers meminta maaf, seharusnya kasus ini tutup buku alias selesai. Karenanya, Fahri heran mengapa kasus ini malah berlarut hingga berbulan-bulan lamanya.

"Ini sudah dua bulan lebih ya (sidangnya) bahkan sudah lama setelah beliau ditangkap, 7 bulan (kasusnya berlangsung)," kata Fahri.

Sementara itu, selain Fahri Hamzah, ada dua saksi lainnya yang dihadirkan dalam sidang kasus Ratna Sarumpaet, yaitu karyawan Ratna Sarumpaet Cahaya dan ahli bahasa Doktor Frans Asisi.

Ratna menjadi terdakwa kasus penyebaran hoaks atas berita bohong soal penganiayaan palsu yang disebarkan dirinya sendiri.

Jaksa mendakwa Ratna Sarumpaet telah menyebarkan berita bohong kepada banyak orang yang dapat menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

Dakwaan Alternatif

Terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet turun dari mobil tahanan setibanya untuk menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5/2019). Sidang kali ini menghadirkan saksi meringankan dari pihak terdakwa. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jaksa penuntut umum mendakwa aktivis itu dengan dakwaan alternatif.

"Dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar jaksa saat membacakan dakwaannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

Pada dakwaan pertama, jaksa menduga Ratna Sarumpaet telah melakukan perbuatan dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Sementara pada dakwaan kedua, jaksa menduga Ratna Sarumpaet, "Dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, ras atau antar golongan (SARA)."

Sebagian masyarakat Kota Bandung bereaksi dengan menuntut terdakwa meminta maaf kepada masyarakat Bandung. Mereka tersinggung karena menyebut-nyebut nama kota mereka sebagai lokasi kejadian.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," tutur jaksa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Liverpool Bantah Takut Hadapi Messi

Posted: 06 May 2019 08:35 PM PDT

Liverpool - Virgil van Dijk menjadi salah bintang kemenangan Liverpool saat melibas Newcastle, Sabtu (4/5/2019). Ia menyumbang satu gol sehingga Liverpool menang 3-2.

Namun, sebelum laga itu berlangsung, kabar perihal pernyataan bernada pujian yang dilontarkan Virgil van Dijk buat Lionel Messi, muncul ke permukaan lagi.

Bek 27 tahun itu dikabarkan sedikit frustrasi dan bingung, dari mana sebenarnya pernyataan itu berasal karena ia merasa tidak pernah melontarkan pernyataan itu yang akhirnya jadi kutipan dan santapan media-media Spanyol.

Seperti ramai diberitakan, setelah pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou yang berujung kemenangan 3-0 Barcelona (2/5/2019), van Dijk memuji Lionel Messi.

"Ketika dia dalam performa terbaiknya, tak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghentikannya," kata van Dijk.

"Saya senang tak bermain di Spanyol dan menghadapinya setiap musim," ujar pemain internasional Belanda itu.

Kutipan itu yang dipersoalkan van Dijk karena ia merasa tak pernah bicara seperti itu. Kubu Liverpool juga mempertanyakan dari mana sumber pernyataan itu.

Beruntung, hal itu tak membuat Liverpool kehilangan konsentrasi. Kemenangan atas Newcastle bisa diraih meski harus dipastikan hingga menit akhir lewat gol Divock Origi. 

Liverpool akan kembali bersua Lionel Messi dkk dalam laga leg kedua di Anfield, Rabu dini hari WIB (8/5/2019). Pasukan Jurgen Klopp ini butuh kemenangan dengan selisih minimal empat gol untuk melaju ke semifinal.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Resep Es Campur Sederhana Segar dan Nikmat, Cocok Untuk Buka Puasa

Posted: 06 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan telah tiba, kebahagian menyambut bulan ini tentu dirasakan oleh umat Islam seluruh warga dunia. Pasalnya bulan ini menjadi momen yang tidak pernah terlupakan, tidak hanya bagi umat muslim saja tetapi juga bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Salah satu momen yang tak boleh terlewatkan begitu saja ialah buka bersama baik bersama keluarga ataupun kerabat dekat. Dalam momen buka bersama tersebut, rasanya kurang nikmat jika tidak menyantap sesuatu yang segar sebagai pelepas dahaga. Nah, salah satu minuman favorit yang ada saat buka bersama ialah es campur.

Hidangan es campur biasanya berupa es serut yang dibaluri sirup, jeli dan buah-buahan. Minuman yang satu ini memang segar untuk melepaskan dahaga setelah satu hari penuh puasa. Cara pembuatan yang mudah serta bahan yang digunakan mudah ditemukan membuat es campur menjadi primadona minuman favorit buka puasa. 

Nah, berikut Liputan6.com rangkum, Selasa (7/5/2019) dari berbagai sumber, beberapa cara membuat es campur yang segar dan nikmat cocok untuk menu buka puasa.

1. Es Campur Ceria

Awas, Kalori Berlebih dalam Semangkuk Es Campur Anda

Cara membuat es campur yang pertama ialah es campur ceria. Sesuai dengan namanya es campur ceria menggunakan bahan yang beraneka ragam agar tampak lebih bewarna. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi bahan yang sekiranya tidak kamu sukai. Berikut bahan serta cara pembuatannya

Bahan

- Siapkan es serut secukupnya

- Susu kental manis sesuai selerea

- Buah nangka dengan potongan berbentuk dadu atau pun sesuai selera 

- Tape singkong secukupnya sesuai selera

- Kolang-kaling sesuai secukupnya, agar tampak bewarna pilih kolang-kaling yang bewarna-warni

- Cincau hitam dengan potongan dadu secukupnya

- Rumput laut 

- Daging kelapa muda 

- Agar-agar atau jeli berasa sesuai selera

- Siapkan air gula dari 1 liter air dan 250 gram gula yang telah direbus bersama

- Santan kelapa,  pastikan air untuk santan adalah air matang

Cara Membuat

1. Siapkan mangkok atau gelas saji lalu susun buah nangka terlebih dahulu. Kemudian letakkan tape singkong, cincau hitam, rumput laut dan agar-agar.

2. Setelah semua bahan dimasukkan, tambahkan es serut diatasnya. 

3. Langkah selanjutnya, siram es serut tersebut dengan susu kental manis putih atau coklat sesuai selera.  Siram lagi dengan air gula.

3. Terakhir, siram dengan santan kelapa secukupnya.

4. Es campur kamu pun siap untuk disajikan untuk menu buka puasa. Mudah bukan? 

2. Es Campur Buah Yogurt

Jika diminta memilih antara es buah atau es campur, menu manakah yang akan kamu pilih untuk buka puasa?

Cara membuat es campur yang kedua ialah es campur buah yogurt. Untuk kamu pecinta buah dan yogurt tentu resep es campur yang satu ini cocok di lidahmu. Cara membuat es campur buah yogurt ini pun sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Berikut bahan serta cara pembuatannya.

Bahan

- 1 buah apel

- 1 buah pear

- 5 butir buah anggur

- Nata de coco secukupnya

- Yogurt kemasan sedang, rasa sesuai selera

Jika dirasa kurang, kamu bisa menambahkan buah atau bahan kamu sukai. 

Cara Membuat

1. Pertama-tama kupas buah yang akan dihidangkan. Kemudian cuci dan potong sesuai selera.

2. Selanjutnya, tata buah tersebut di mangkuk saji.

3. Tambahkan nata de coco, dan jelly  sesuai selera. 

4.  Tuangkan yogurt dengan rasa yang kamu inginkan dan aduk hingga rata. 

4. Terakhir, jangan lupa untuk menambahkan es batu sesuai selera. Es campur buah yogurt pun siap disajikan.

Sesuai dengan namanya es campur buah yogurt ini kombinasi antara buah dan yogurt. Selain sehat tentu es campur buah yogurt ini juga nikmat. 

3. Es Campur Kelapa Muda

Es campur, Indonesia (Via: motivatweet.wordpress.com)

Cara membuat es campur yang ketiga ialah es campur kelapa muda. Daging kelapa muda yang empuk di lidah membuat es campur kelapa muda cocok untuk menjadi menu buka puasa.  Nah, berikut bahan serta cara pembuatannya

Bahan:

- Siapkan 2 buah kelapa muda

- Nata de coco secukupnya

- Buah semangka, alpukat atau buah lainnya potong sesuai selera

- Kolang-kaling secukupnya

- 1 blok cincau hitam

- Susu kental manis

- Sirup cocopandan secukupnya

- Siapkan es serut secukupnya

Cara Membuat: 

1. Pertama-tama, siapkan mangkuk terlebih dahulu, kemudian tata buah-buahan yang telah disiapkan sebelumnya seperti semangka, aplukat atau buah lainnya yang kamu inginkan.

2. Setelah selesai menata buah, campurkan bahan-bahan lainnya seperti kolang-kaling, nata de coco, cincau dan berbagai isian es campur.

3. Ketiga, jangan lupa untuk menambahkan serut es batu dan tata di atas isian es campur.

4. Siram es campur tersebut dengan sirup cocopandan, kemudian tuang susu kental manis secukupnya.

5. Es campur kelapa muda kamu pun siap dihidangkan. Mudah bukan? 

Nah, di atas adalah 3 resep es campur yang bisa kamu coba di rumah. Resep es campur di atas sangat mudah bukan? Selain nikmat untuk disajikan, es campur ini juga bisa dibuat takjil buka puasa.

Tidak hanya segar dan mampu menjadi pelepas dahaga, es campur juga mengenyangkan dan bikin perut tidak gampang lapar. Selamat mencoba! 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Gol Penentu Manchester City, Kompany Sempat Dilarang Menendang

Posted: 06 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Bek sekaligus kapten Manchester City, Vincent Kompany, ternyata sempat dilarang menendang oleh rekan setimnya ketika dia hendak melepaskan tembakan jarak jauh ke gawang Leicester City di Stadion Etihad, Selasa (7/5/2019) dini hari WIB.

Tendangan itu ternyata gol dan membuat Manchester City menang 1-0 atas Leicester City. Kompany menjadi pahlawan kemenangan The Citizens dalam laga itu lewat golnya pada menit ke-70.

 

Dalam pertandingan itu, Manchester City terlihat gugup, bahkan di babak pertama tidak tercipta gol. Kompany muncul sebagai pahlawan kendati dia mengabaikan rekan- rekan setimnya kala itu yang memintanya tidak melepaskan tendangan jarak jauh.

Itu adalah gol pertamanya musim ini dan sekaligus gol pertama Kompany di Liga Inggris, yang dicetak dari luar kotak penalti. Menariknya, kontrak pemain asal Belgia ini bersama Manchester City akan habis Juni mendatang.

"Semua orang bilang jangan menendang tetapi saya tak pernah seyakin ini dalam karir saya ketika saya boleh dan tak boleh menendang," ujar Kompany, seperti dilansir Sky Sports.

"Saya sudah 15 tahun diberi saran oleh para gelandang top untuk tidak menendang tetapi saya selalu bilang pada mereka suatu hari saya harus menendang dari luar kotak penalti dan saya akan menciptakan gol," ungkap pemain berusia 33 tahun ini.

Pujian Guardiola

Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak oleh Vincent Kompany ke gawang Leicester City pada laga  Premier League di Stadion Etihad, Senin (6/5). Manchester Citymenang 1-0 atas Leicester City. (AP/Rui Vieira)

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengaku termasuk di antara mereka yang meminta Kompany untuk tidak menendang. Namun, Guardiola memuji dampak yang diberikan Kompany untuk timnya.

"Saat dia (Kompany) bugar, dia menjadi bek tengah yang luar biasa. Tidak hanya untuk golnya. Dia pemimpin. Saya senang dia demi klub dan demi semua orang," ucap Guardiola.

Puncak Klasemen

Kemenangan itu membuat Manchester City kembali ke puncak klasemen Liga Inggris dengan mengoleksi 95 poin dari 37 laga, menggusur Liverpool, yang baru mengumpulkan 94 poin.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Baru Yogyakarta Beroperasi, Bagaimana Nasib Adisutjipto?

Posted: 06 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - PT Angkasa Pura I akan memindahkan semua penerbangan dari Bandara Adisutjipto ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Namun demikian, bandara Adisutjipto tetap akan digunakan untuk penerbangan komersial jarak pendek.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan, pemindahan seluruh penerbangan di Adisutjipto ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.‎

"(Pemindahan) Akhir tahun. Semuanya," ujar dia di Yogyakarta, Selasa (7/5/2019).

Namun demikian, Devy berharap proses pemindahan penerbangan ini akan berjalan lebih cepat. Setidaknya, YIA siap untuk melayani seluruh penerbangan saat libur akhir tahun.

"Yang jelas kalau dari sisi pelayanan saya mengejar sebelum liburan akhir tahun itu harus. Kalau liburannya orang-orang ramai mulai tanggal 15 ya enggak tanggal 15 ya, sebelumnya. Biasanya kita kasih waktu 2 minggu 3 minggu untuk persiapan masuk ke rush-nya. Kan ada posko Nataru (Natal dan Tahun Baru) ya itu sudah pasti the highest," jelas dia.

Sementara untuk Adisutjipto, bandara tersebut nantinya akan dioperasikan untuk melayani penerbangan komersil jarak pendek dengan jenis pesawat yang lebih kecil. "Pesawat-pesawat kecil, yang propeller. Jarak pendek misalnya entah ke Cilacap kah, entah ke Banyuwangi," tandas dia.

Batik Air Siap Buka Penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (Foto: Dok Humas PT Angkasa Pura I)

Batik Air rencananya akan segera mengoperasikan penerbangan komersil dari dan menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Maskapai tersebut menjadi yang kedua setelah pada hari ini ‎Citilink menjadi maskapai pertama yang mengoperasikan penerbangan komersil di bandara tersebut.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan Batik Air memang akan membuka rute dari dan ke YIA. Paling cepat, maskapai tersebut akan masuk ke YIA pada 10 Mei mendatang.

"Rencananya ke depannya akan ada juga dari Batik Air. Paling cepat tanggal 10 (Mei)," ujar dia di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Devy mengungkapkan, adapun sejumlah rute yang akan dioperasikan oleh maskapai tersebut antara lain dari Bandara Palangkaraya, Bandara ATP Pranoto Samarinda, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

"Mereka akan menerbangkan YIA dengan tujuan Palangkaraya, ATP Pranoto Samarinda, Denpasar dan satu lagi Cengkareng," kata dia.

Menurut Devy, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Batik Air terkait rencana tersebut. Ini terkait dengan ketersediaan slot di bandara asal.

"Saat ini masih didiskusikan slotnya. Terutama untuk yang masuk dari Cengkareng dan Denpasar. Karena dua bandara ini cukup padat sehingga bukan masalah di sininya yang enggak ready, tapi slot di sananya juga harus ready," tandas dia.

Bandara Baru Yogyakarta Tampung 8 Juta Penumpang di 2019

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (Foto: Dok Humas PT Angkasa Pura I)

PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) hari ini resmi mengoperasikan bandara baru Yogyakarta atau Yogyakarta Internasional Airport (YIA). Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang terbang komersil dari bandara yang berlokasi di Kulon Progo tersebut.

Angkasa Pura I menargetkan jumlah penumpang di bandara baru Yogyakarta ini mencapai 8 juta penumpang hingga akhir tahun ini.

"Minimum 8 juta per akhir tahun ini," ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji, di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019).

Dia mengungkapkan, angka tersebut merupakan jumlah penumpang yang ada di Bandara Adisutjipto saat ini. Dengan beroperasinya YIA diharapkan penumpang yang sebelumnya menggunakan Bandara Adisutjipto bisa beralih ke YIA ini.

"Karena gini, kapasitas Yogyakarta (Adisutjipto) 1,8 juta tetapi penumpangnya 8,4. Berarti kan sudah lebih dari 400 persen, dan itu yg harus bisa pindah ke YIA," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tagar Sawityowit Kembali Ramaikan Twitter

Posted: 06 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apa saja ketiga berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com di hari pertama Ramadan, Senin (6/5/2019)? Berikut rangkumannya.

1. Hari Pertama Puasa, Tagar Sawityowit Kembali Ramaikan Twitter

Sawityowit (#Sawityowit) mungkin adalah salah satu tagar 'legendaris' di ranah Twitter Indonesia. Ya, wajar saja, mengingat tagar ini sangat populer digunakan di bulan Ramadan.

Pada 2009, saat Twitter lagi populer-populernya, aktivitas yang sering dilakukan warganet saat itu adalah mencuit dengan tagar khusus #Sawityowit.

Namun beberapa tahun setelahnya, cuitan #Sawityowit tak lagi bergaung kencang di lini masa.

Sekadar informasi, #Sawityowit (yang merupakan singkatan dari 'Sahur with Your Twitter') adalah cuitan guyon yang biasanya berisikan tebak-tebakan plesetan.

Selengkapnya baca di sini

2. Rumah Prabowo Berubah Jadi Republik Kertanegara di Google Maps

Nama rumah calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, tampak berubah di layanan Google Maps. Rumah yang beralamat di Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, itu kini memiliki nama "Republik Kertanegara".

Lokasi rumah Prabowo sudah terlihat di Google Maps sejak lama, tapi tidak memiliki nama khusus. Pantuan tim Tekno Liputan6.com, Senin (6/5/2019), kini rumah tersebut memiliki nama Republik Kertanegara.

Bahkan sebelumnya juga sempat dilaporkan rumah tersebut diubah namanya menjadi "Istana Presiden Republik Kertanegara" di Google Maps.

Tak hanya itu, di Jalan Kertanegara juga tampak sebuah lokasi yang ditandai sebagai "Republik Rakyat Kertanegara".

Selengkapnya baca di sini

3. Realme 3 Pro dan Realme X Bakal Meluncur Bareng?

Beberapa hari terakhir, Realme digadang-gadang siap meluncurkan smartphone terbaru yang diberi nama Realme 3 Pro.

Kehadiran smartphone ini juga sudah dikonfirmasi kehadirannya oleh Realme dalam beberapa kesempatan.

Namun dari laporan terbaru, merek anyar dari Oppo tersebut ternyata menyiapkan model lain. Dikutip dari GSM Arena, Senin (6/5/2019), smartphone anyar yang dimaksud itu memiliki nama Realme X.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Dijenguk Ayah saat Ramadan, Vanessa Angel Menangis

Posted: 06 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Terdakwa kasus dugaan pornografi, Vanessa Angel menunggu kehadiran sang ayah, Doddy Sudrajat, pada puasa hari pertama di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (6/5/2019).

Namun, harapan itu harus pupus karena Dodd tak hadir di pengadilan. Hal ini membuat Vanessa Angel menangis. Pasalnya, sejak ditahan di Rutan Medaeng, Vanessa belum pernah dijenguk sang ayah.

"Tadi ibu (Vanessa Angel) kasih tahu saya, kalau ayahnya mau jenguk. Tapi sampai sekarang belum datang juga. Jadi ibu sempat menanyakan," kata asisten Vanessa Angel, Ana, usai sidang.

Kenyataan ini membuat Vanessa Angel terpukul. Wajar, sejak menyandang status sebagai tersangka, Vanessa tak lagi bisa berkumpul dengan orang terdekatnya.

Tak heran, dalam sidang sebelumnya Vanessa Angel sempat mengungkap kata-kata pesimistis."Kalau enggak ada yang bisa nolongin aku, bunuh aja aku, enggak apa-apa," kata Vanessa Angel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Sofyan Basir, KPK Periksa Direktur PT Global Energi Manajemen

Posted: 06 May 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur PT Global Energi Manajeman Mah Riana sebagai saksi tersangka Dirut nonaktif PLN Sofyan Basir dalam kasus suap PLTU Riau-1.

"Yang bersangkutan (Mah Riana) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFB (Sofyan Basir)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (7/5/2019).

Selain Mah Riana, penyidik lembaga antirasuah akan memeriksa anggota DPRD Kabupaten Temanggung Slamet Eko Wantoro dan tiga pihak swasta, yakni Rochmat Fauzi Trioktavia, Mustahal, dan Mahbub.

"Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFB," kata Febri.

KPK menetapkan Direktur Utama nonaktif PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Penetapan ini merupakan pengembangan dari kasus yang telah menjerat Eni Maulani Saragih, pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Kotjo dan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

Diduga Terima Suap

Dirut nonaktif PLN Sofyan Basir di KPK, Senin (6/5/2019). (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Sofyan Basir diduga bersama-sama Eni Saragih dan Idrus menerima suap dari Johannes Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Sofyan diduga mendapat jatah sama dengan Eni dan Idrus.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Sofyan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 56 Ayat (2) KUHP Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Kucing Bertingkah Bak Teknisi Ini Ujungnya Bikin Ngakak

Posted: 06 May 2019 08:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing adalah hewan peliharaan yang lucu. Tingkah laku kucing yang menggemaskan membuat pemiliknya kerap mengabadikan momen si kucing. Banyak momen si kucing dan pemiliknya yang menyita perhatian banyak netizen.

Kucing selalu bertingkah seperti kelakuan pemiliknya. Jika pemiliknya bertingkah aneh maka jangan kaget kalau kucingnya juga bertingkah aneh. Hal tersebut tercermin juga dari kucing yang satu ini.

Baru-baru ini viral di media sosial, potret kucing yang berlagak seperti teknisi. Dengan polosnya si kucing menguta-atik listrik yang telah dibongkar pemiliknya. Ending dari kucing yang mengutak-atik listrik ini pun sungguh tidak terduga dan siap bikin kamu tertawa.

Aksi nyeleneh kucing ini telah dirangkum Liputan6.com, Selasa (7/5/2019) dari unggahan akun Instagram @rajaparodi sebagai berikut.

Kucing jadi teknisi

Kucing Ini Sok-sokan Jadi Teknisi, Endingnya Bikin Ngakak (sumber: Instagram.com/rajaparodi)

Seperti terlihat pada gambar, bahwa ada kucing yang berwarna hitam sedang memasukan wajahnya di dinding. Kucing tersebut terlihat begitu sibuk mengutak-atik dinding tersebut. Di balik dinding tersebut sudah terbongkar listrik yang tengah diperbaiki pemiliknya. Dengan sok tahunya kucing di atas terhadap listrik, membuat ending dari aksi kucing ini sungguh bikin tertawa.

Hal tak terduga terjadi pada kucing

Kucing Ini Sok-sokan Jadi Teknisi, Endingnya Bikin Ngakak (sumber: Instagram.com/rajaparodi)

Ending dari sok tahunya kucing di atas berakhir sungguh memilukan. Setelah dirinya tidak mengutak-atik lagi listriknya, terlihat kucing bulu di wajahnya sudah berdiri semua. Ya, kucing tersebut ternyata tersengat listrik. Wajah si kucing sungguh terlihat begitu kocak akibat  tersengat listrik. Apalagi tatapan polosnya dan penampilan amburadulnya sukses membuat siapa saja yang melihatnya menjadi ingin tertawa.

Respon Netizen

Aksi kocak kucing tersengat listrik ini pun ramai komentar netizen. Banyak yang merasa terhibur dari postingan di atas.

"Jdi inget tom & jerry" tulis akun @primus_rri

"Lhaa kok malah brubah jd Si Jabrik" tulis akun @me_sien33

"Ini ni akibat sok sokan jadi teknisi, kan salah sentuh" tulis akun @yudiris01

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Fasilitasi Kuliner Mikro Berburu Berkah Ramadan

Posted: 06 May 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemkab Banyuwangi menggelar Festival Ramadhan selama sebulan penuh menyambut bulan suci umat Islam tersebut. Selain berisi beragam kegiatan keagamaan dan seni-budaya Islami, perhelatan itu memberi wadah ke ratusan usaha kuliner mikro untuk berburu rejeki selama Ramadhan.

"Luar biasa ramai sekali Festival Ramadhan ini. Kita ciptakan crowd, ribuan orang datang, ratusan usaha kuliner mikro yang jualan menu buka puasa, PKL-PKL dan usaha rumahan yang ikut, jadi laris semuanya. Kita tata bagus, ada rumbai-rumbai daun kelapa, sehingga pembeli nyaman," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat meninjau Festival Ramadhan yang dipusatkan di kawasan Gelanggang Seni Budaya (Gesibu), Taman Blambangan, Banyuwangi, Senin (6/5/2019).

mengenai fetival tersebut, Bupati melanjutkan bahwa ratusan usaha kuliner mikro dilibatkan. Ada yang sebelumnya PKL, ada juga yang hasil binaan Dinas Koperasi dan UMKM.

"Bukan hanya nyari rezeki untuk sambut Lebaran, tapi saya harap ini membuka pasar. Kan ada ribuan orang. Nyobain makanan dan minuman. Insya Allah ada yang cocok, bisa pesan ketika ada event ulang tahun, acara perusahaan, dan sebagainya. Jadi ibu-ibu rumah tangga yang ikut Festival Ramadhan ini punya pintu rejeki baru," jelas Anas.

Menurut Anas, berbeda dengan pasar menu berbuka puasa dan takjil yang ada di kota lain, Festival Ramadhan di Banyuwangi distandarisasi. Tempat berjualan difasilitasi oleh Pemkab Banyuwangi. Usaha kuliner mikro tak dipungut biaya, hanya ada iuran kebersihan sebagai stimulus rasa memiliki sehingga merawat tempat berjualan. Juga secara berkala petugas Dinas Kesehatan mengecek, sehingga pembeli semakin nyaman karena makanan yang dijual memenuhi standar kesehatan.

"Murah, makanan enak, tapi tetap dijamin gizi dan higienitasnya," papar Anas.

"Event yang melibatkan usaha kuliner mikro itu juga didorong Anas digerakkan di semua kecamatan, bahkan di perdesaan. Saya tadi cek juga di media sosial, di Desa Cluring ada 30 Mbok Yem, Yu Nah, Mbok Tun, ibu-ibu usaha rumahan dilibatkan untuk bikin semacam bazar, diiringi atraksi memancing ikan gratis di desa itu. Dan masih banyak lagi," jelas Anas.

Berbagai menu buka puasa disajikan di Festival Ramadhan tersebut, mulai kolak pisang precet, kolak kopyor, patula, dan beragam makanan lokal lainnya.

"Di kawasan ini, juga digelar salat Maghrib dan tarawih berjamaah bagi pengunjung. Jadi mereka yang tidak sempat ke masjid, bisa berjamaah di sana," kata Anas.

Selain berisi ragam kuliner, Festival Ramadhan juga bakal menghadirkan empat event lain, yaitu Lomba Tartil dan Nasyid (9-10 Mei), Festival Patrol (10-11 Mei), dan Festival Hadrah (17-18 Mei). Semua event itu dipusatkan di Gesibu, Taman Blambangan. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Mudik Pakai Motor Sport 250 Cc, Ini Daftar Harganya

Posted: 06 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mudik menggunakan motor sport 250 cc bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Dengan tenaga besar, maka perjalanan mudik akan semakin menyenangkan.

Dalam tulisan kali ini, Liputan6.com akan merinci daftar harga motor sport 250 cc terbaru di Mei 2019. Tulisan ini dimaksudkan sebagai referensi bagi calon konsumen yang ingin membeli motor dengan kapasitas mesin 250 cc.

Motor sport 250 cc full fairing dari tiga merek perusahaan motor raksasa masih banyak menarik perhatian, yakni Honda CBR250RR, Yamaha R25, dan Kawasaki Ninja 250. Meski demikian, masih ada jenis naked hingga trail yang dibenamkan mesin 250 cc saat ini.

Dari penelusuran data yang didapat dari berbagai laman resmi Agen Pemegang Merek (APM), berikut daftar harganya.

Selanjutnya

Yamaha

R25 Yamaha Movistar Rp59,775 juta

R25 Rp59,425 juta

R25 ABS Rp65,785 juta

MT25 Rp48,575 juta

Honda

CBR250RR ABS Bravery Mat Red Rp70,725 juta

CBR250RR ABS Mat Gunpowder Black Metallic Rp70,725 juta

CBR250RR ABS Honda Racing Red Rp71,325 juta

CBR250RR STD Black Freedom Rp59,9 juta

CBR250RR STD Bravery Mat Red Rp64,725 juta

CBR250RR STD Mat Gunpowder Black Metallic Rp64,725 juta

CBR250RR STD Honda Racing Red Rp65,325 juta

CRF250 Rally Rp72 juta

 

 

Selanjutnya

Kawasaki

Ninja 250 SE ABS/MDP Rp75,5 juta

Ninja 250 SE ABS Rp75 juta

Ninja 250 SE MDP Rp67,8 juta

Ninja 250 SE Rp65,2 juta

Ninja 250 SE LTD Rp63,8 juta

Ninja 250 Rp62,7 juta

Ninja 250SL Rp37,9 juta

Z250 ABS Rp60,6 juta

Z250 Rp53,9 juta

Z250SL ABS Rp48,2 juta

Z250SL Rp42,1 juta

Versys-X 250 Tourer Rp73,1 juta

Versys-X 250 Rp62,5 juta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permintaan Maaf Agensi Soal Masalah Fandom TXT

Posted: 06 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Big Hit Entertainment sempat tersandung masalah saat mengumumkan Young One sebagai nama fandom grup baru mereka, TXT.

Pasalnya nama fandom Young One yang diberikan untuk TXT telah lebih dulu digunakan oleh artis lain yakni Tiffany Young.

Tak ayal para penggemar Tiffany melayangkan protes karena mereka sudah terlebih dulu menggunakan nama itu. Mereka berharap Big Hit mengambil langkah bijak untuk masalah tersebut.

Dilansir dari Allkpop hari ini, 6 Mei 2019, agensi akhirnya memutuskan untuk mengganti nama fandom TXT. Mereka juga mengucapkan permintaan maaf atas miskomunikasi yang terjadi.

 

Minta Maaf

TXT. (Foto: soompi.com)

"Setelah mengumumkan nama fandom TXT 25 April lalu, kami baru menyadari jika nama tersebut telah digunakan oleh fandom dan fanclub artis lain. Saat proses pemilihan nama tersebut, kami kurang jeli dalam pengecekan ulang. Kami minta maaf kepada penggemar yang sudah bersabar dan semua pihak yang merasa tersinggung," ungkap agensi.

Big Hit Entertainment akan segera mengganti nama fandom TXT, tapi butuh proses untuk itu. Mereka tentunya tak ingin mengulang kesalahan yang sama dengan kurang berhat-hati saat memilih nama.

 

Ganti Nama Fandom

TXT (Twitter/ BigHitEnt)

"Kami sudah memutuskan untuk mengganti nama fanclub resmi TXT. Kami akan mengecek dengan lebih berhati-hati terkait nama yang disarankan penggemar, sebelum mengumumkannya secara resmi," tambahnya.

Jadi apakah kamu ada ide untuk nama baru fandom TXT? Coba sampaikan pendapatmu di media sosial Big Hit ya. (Fimela.com/ Nizar Zulmi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: