Selasa, 21 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Perhatikan, PNS Dilarang Dukung Aksi 22 Mei di Medsos

Posted: 21 May 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang memberikan dukungan kepada aksi massa 22 Mei yang tengah berlangsung pada hari ini. Pasalnya, itu melanggar asas netralitas yang wajib dianut PNS.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN). M Ridwan, menjelaskan bahwa PNS sah-sah saja memiliki pilihan politik. Akan tetapi, preferensi politik PNS tidak boleh diumbar ke ranah publik.

"PNS itu kan harus tetap netral terhadap pilihan politik praktisnya, jadi netral itu dia tidak menunjukan preferensi pilihan politiknya," ujar M. Ridwan kepada Liputan6.com, Rabu (22/5/2019).

Ridwan menegaskan bentuk dukungan kepada demo 22 Mei juga dilarang di media sosial (medsos). Ini termasuk like atau dislike di sebuah platform karena sama saja menunjukan preferensi di depan umum.

"Tidak boleh (dukung aksi lewat medsos). Jadi prinsipnya, menunjukan keberpihakan terhadap presiden misalnya atau capres, cawapres, juga tidak boleh. Keberpihakan itu termasuk like dan dislike, apalagi demonya," ujar Ridwan.

Bila PNS ketahuan mendukung demo 22 Mei, maka PNS tersebut wajib diperiksa oleh atasan mereka. Mekanisme yang dilalui adalah berdasarkan PP 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Pemeriksaan pun perlu dilakukan secara per kasus untuk dilihat apakah PNS itu tidak bekerja karena sibuk berdemo atau memberi dukungan lewat medsos karena melanggar asas netralitas.

"PNS yang melakukan itu kalau memang sudah ada buktinya, itu oleh atasan langsung harus diperiksa dan dilakukan mekanisme atau implementasi PP 53 2010 tentang disiplin PNS karena dia melanggar asas netralitas. Kemudian, mungkin demonya kalau di jam kerja berarti dia tidak mengerjakan tugas di jam kerja tersebut. Dan itu harus diperiksa," tegas Ridwan.

Bawaslu Tetap Bekerja Usai KPU Tetapkan Hasil Rekapitulasi Suara Pemilu 2019

Menjelang demo 22 Mei 2019, pengamanan di sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diperketat. Kawat-kawat berduri mengelilingi dan menutup akses ke KPU. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward menyatakan tetap bekerja setelah pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019 pada Selasa 21 Mei 2019 dini hari. Dia menjelaskan para pimpinan Bawaslu kali ini akan menggelar rapat terkait proses penanganan pelanggaran Pemilu 2019.

"Kita ada rapat terkait dengan beberapa proses penanganan pelanggaran administrasi yang sedang bekerja," kata Fritz ketika dihubungi, Rabu (22/5/2019). 

Fritz juga mengimbau kepada masyarakat yang melakukan demo di Bawaslu agar tetap tertib dan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Iya (silakan sampaikan). Jadi pada saat proses menyampaikan pendapat tersebut tidak sesuai dengan peraturan UU ataupun membuat orang lain terganggu dan mengganggu hak orang lain maka ada aturan yang mengatur hal tersebut," lanjut Fritz.

Pengguna KRL Diimbau Hindari Stasiun Tanah Abang dan Palmerah

Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek melintas di area pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Rabu (22/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 PT Kereta Commuter Indonesia mengimbau para pengguna KRL Commuter Line yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang dan Palmerah maupun bertujuan ke stasiun tersebut untuk dapat mencari alternatif stasiun lain untuk stasiun keberangkatan atau tujuannya.

Hal ini karena kondisi di kedua stasiun tersebut sangat dipadati pengguna, sehubungan penutupan sebagian akses jalan di luar stasiun.

"Untuk pengguna dengan tujuan Stasiun Palmerah dapat menggunakan Stasiun Kebayoran. Sementara pengguna dengan tujuan Stasiun Tanah Abang dapat menggunakan Stasiun Karet, Sudirman, maupun Duri," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Rabu (22/5/2019). 

Dia menyatakan, perjalanan KRL hingga saat ini tetap melayani naik turun pengguna di Stasiun Palmerah maupun Stasiun Tanah Abang untuk pengguna yang hendak transit maupun yang hendak berpindah KRL kembali ke arah Stasiun keberangkatan awalnya.

Selain itu, perjalanan KRL secara keseluruhan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya juga hingga saat ini juga masih beroperasi normal.

"PT KCI menghimbau para pengguna untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan keamanan dengan tetap memperhatikan himbauan dari petugas serta tidak memaksakan diri untuk naik dan turun saat KRL maupun stasiun tujuan kondisinya sangat padat," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persela vs Persipura: Duel Tim Terluka

Posted: 21 May 2019 09:35 PM PDT

 

Liputan6.com, Lamongan - Persela Lamongan akan menghadapi Persipura Jayapura pada laga pekan kedua pekan kedua Shopee Liga 1 2019 di Stadion Surajaya, Lamongan, Rabu (22/5/2019) malam WIB yang disiarkan O Channel. Laga diprediksi berlangsung sengit karena kedua tim sama-sama mengincar kemenangan perdana.

Persela dan Persipura mengawali Shopee Liga 1 2019 dengan buruk. Persela kalah telak dengan skor 1-5 dari Madura United, sedangkan Persipura dibungkam Persib Bandung dengan skor 0-3.

Situasi itu membuat keduanya tercecer di papan bawah klasemen. Persela berada dasar klasemen sementara, sedangkan Persipura berada satu tingkat di atasnya.

Tak ingin kembali menelan kekalahan, pelatih Persela, Aji Santoso, memberikan sinyal akan melakukan rotasi pemain pada laga melawan Persela. Strategi tersebut dilakukan karena Aji mengaku pihaknya sudah menemukan kesalahan yang membuat mereka menelan kekalahan pada laga pembuka.

Apalagi pada pertandingan ini Persela tampil tanpa Alex dos santos Goncalves akibat kartu merah di laga sebelumnya.

"Kami sudah latihan untuk menghadapi Persipura. Ada beberapa perubahan komposisi pemain yang diharapkan membawa dampak positif buat Persela Lamongan," kata Aji.

"Setelah pertandingan (melawan Madura United), pemain kami liburkan, tujuannya untuk evaluasi secara pribadi. Setelah itu baru evaluasi secara tim. Tujuan kami adalah untuk membenahi mental pemain supaya stabil untuk menghadapi Persipura," ucap Aji.

Ada kemungkinan dua atau tiga pemain yang masuk komposisi tim di laga perdana lalu, diganti. Meski tak menjelaskan siapa saja pemain tersebut, besar kemungkinan Aji akan menurunkan Hambali Tholib sejak awal laga, begitu pula dengan Rafael Gomes de Oliveira yang di pertandingan sebelumnya masuk dari bangku cadangan. 

Sementara di sektor depan Persela, jika Malik Risaldi tak diturunkan, Aji besar kemungkinan memasang Ghifari Fais. Bila tetap menurunkan Malik, tak tertutup kemungkinan Ahmad Birrul Walidain, yang tampil tak maksimal di pertandingan sebelumnya, diganti pemain lain.

Evaluasi Persipura

Striker Persela Lamongan, Alex dos Santos Goncalves, harus menerima kartu merah di laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (17/5/2019). (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Sementara itu, hal serupa juga sudah dilakukan Persipura setelah menelan dari Persib Bandung. Pelatih Luciano Leandro mengaku pihaknya sudah melakukan evaluasi dan sudah menemukan beberapa faktor penyebab atas kekalahan tersebut.

Dengan melakukan pendekatan persuasif kepada semua pemain, Luciano Leandro yakin timnya bisa meraih kemenangan perdana musim ini di markas Persela.

"Setelah pertandingan melawan Persib, kami sudah melakukan evaluasi dengan cara berbicara dengan semua pemain. Kami juga sudah menemukan beberapa kesalahan yang ada pada pertandingan pertama," ujar Luciano Leandro.

"Sekarang, pada pertandingan kedua kami yakin bisa tampil lebih baik," tegas pelatih asal Brasil itu.

Statistik Soccerway mencatat, pertandingan ini menjadi pertemuan ke-28 sepanjang sejarah. Persipura masih dominan dengan 18 kemenangan, Persela meraih empat kemenangan, dan lima laga berakhir imbang.

Prakiraan susunan pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): Dian Agus Prasetyo (kiper), Eky Taufik Febriyanto, Arif Satria, Mawouna Amevor, Ahmad Birrul Walidain (belakang), Kei Hirose, Lucky Wahyu, Malik Risaldi, Marcel Alexander Kararbo, Delvin Rumbino (tengah), Hambali Tolib (depan)

Pelatih: Aji Santoso (Indonesia)

Persipura Jayapura (4-3-3): Dede Sulaiman (kiper), Valentino Telaubun, Muhammad Tahir, Ricardo Salampessy, Ribeiro dos Santos (belakang), Ian Louis Kabes, Oh In-kyun, Yustinus Pae (tengah), Boaz Solossa, Gunansar Mandowen, Marinus Wanewar (depan)

Pelatih: Luciano Leandro (Brasil)

Data-Fakta

Head to head

  • 29/7/2018 - Persela Lamongan 3-2 Persipura Jayapura (Liga 1 2018)
  • 24/3/2018 - Persipura Jayapura 2-1 Persela Lamongan (Liga 1 2018)
  • 9/3/2018 - Persela Lamongan 0-0 Persipura Jayapura (Pertandingan Persahabatan)
  • 6/10/2017 - Persipura Jayapura 2-1 Persela Lamongan (Liga 1 2017)
  • 14/6/2017 - Persela Lamongan 0-1 Persipura Jayapura (Liga 1 2017)

Lima pertandingan terakhir Persela Lamongan

  • 17/5/2019 - Persela Lamongan 1-5 Madura United (Liga 1 2019)
  • 31/3/2019 - Persela Lamongan 1-2 Madura United (Piala Presiden 2019)
  • 13/3/2019 - Barito Putera 1-1 Persela Lamongan (Piala Presiden 2019)
  • 9/3/2019 - Persela Lamongan 1-0 Arema FC (Piala Presiden 2019)
  • 4/3/2019 - Persita Tangerang 0-2 Persela Lamongan (Piala Presiden 2019)

Lima pertandingan terakhir Persipura Jayapura

  • 18/5/2019 - Persib Bandung 3-0 Persipura Jayapura (Liga 1 2019)
  • 16/3/2019 - Persipura Jayapura 1-3 Kalteng Putra (Piala Presiden 2019)
  • 10/3/2019 - PSM Makassar 0-1 Persipura Jayapura (Piala Presiden 2019)
  • 6/3/2019 - PSIS Semarang 1-3 Persipura Jayapura (Piala Presiden 2019)
  • 8/2/2019 - Persipura Jayapura 2-1 Persidago Gorontalo (Piala Indonesia 2018)

Prediksi Bola.com

Persela Lamongan 50-50 Persipura Jayapura

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penemuan Tulang Belulang Pendaki di Gunung Keramat Bawakaraeng

Posted: 21 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Gowa Setelah nyaris tiga bulan menghilang, jasad seorang pendaki akhirnya ditemukan tinggal tulang belulang di kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng di Kabupaten Gowa, Sulsel.

Humas Kantor Search and Rescue (SAR) Makassar Ade Hamsidar mengatakan jasad pendaki yang tinggal tulang belulang itu, ditemukan pertama kali oleh warga setempat yang sedang mencari kayu di tengah hutan kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng, Selasa 21 Mei 2019.

"Tulang belulang pendaki itu ditemukan warga tepat di hulu Sungai Tanggara yang sejajar dengan Pos 5 jalur pendakian Gunung Keramat Bawakaraeng," kata Ade via pesan singkat, Rabu (22/5/2019).

Tak hanya tulang belulang, tas yang berisi identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan sejumlah ponsel beserta charger yang merupakan milik pendaki itu, turut ditemukan tak jauh dari lokasi penemuan tulang belulangnya.

"Di KTP itu tertera identitas korban yakni bernama Galih Andika (20), pendaki yang dinyatakan hilang di kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng sejak Februari 2019," ujar Ade.

Jasad korban yang tinggal tulang belulang tersebut, kata dia, dievakuasi oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari SAR Antariksa, Makassar Rescue, SAR Tombolopao, KPA Forkasa, RAPI, Koramil, Polsek, Craint Kanreapia, serta masyarakat setempat menuju Puskesmas Malino, Kabupaten Gowa dini hari tadi tepatnya pukul 00.30 wita.

"Tim SAR gabungan berangkat dari Posko Buluballea menuju ke lokasi penemuan tulang belulang korban. Yah sekitar dua jam perjalanan tim tiba di lokasi," terang Ade.

Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad pendaki yang tinggal tulang belulang itu dari kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng sejak pukul 20.30 Wita dan tiba di Puskemas Malino pada pukul 00.30 Wita.

 

Hilang Misterius Sejak Februari 2019

Jasad pendaki, Galih yang tinggal tulang belulang ditemukan di kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Pendaki, Galih Andika (20) diketahui hilang di kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng sejak bulan Februari 2019.

Saat itu, ia bersama dua rekannya yakni Saleh (21) dan Wira (20) berangkat mendaki ke Gunung Keramat Bawakaraeng tepatnya 8 Februari 2019.

Mereka pun terpisah saat turun dari puncak Gunung Keramat Bawakaraeng tepatnya antara Pos 5 dan Pos 6 jalur pendakian pada 10 Februari 2019.

"Karena pada saat turun mereka masih berkumpul di Pos 6. Nanti setelah di Pos 5, satu pendaki (Galih Andika) sudah tidak terlihat lagi," ucap Ade Hamsidar, Humas SAR Makassar, Rabu (13/2/2019).

Pencarian terhadap Galih pun berlangsung selama sepekan. Namun tim SAR gabungan yang jumlahnya 60 orang kala itu tak juga menemukan adanya tanda-tanda keberadaan Galih meski telah menyisir sekitar lokasi terakhir ia dinyatakan berpisah dengan rekannya.

Tim pun sempat menyimpulkan jika pendaki yang berdomisili di Kompleks Mangga Tiga, Kecamatan Biringkanaya, Makassar itu seperti menghilang secara misterius.

"Rata-rata pendaki yang hilang di jalur antara Pos 5 dan Pos 6 Gunung Keramat Bawakaraeng tersebut, biasanya sudah ditemukan dalam dua hari. Tapi ini sangat aneh," kata Ade kala itu.

Hilangnya Galih pun sempat dikait-kaitkan oleh masyarakat setempat dengan mitos-mitos keramat yang selama ini melekat pada kawasan Gunung Keramat Bawakaraeng. Diantaranya keberadaan arwah noni cantik yang ceritanya ia terus bergentayangan usai bunuh diri di area hilangnya Galih sekitar tahun 1980 silam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Dekat dengan Kotak yang Bakal Menggoncang Crossborder

Posted: 21 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Atambua Penuh energi. Itulah yang tepat untuk menggambarkan band rock, Kotak. Meski dua anggotanya wanita dan berjilbab, Kotak selalu all out di panggung. Kotak dijadwalkan mengisi Konser Musik Perbatasan Atambua 2019, di di Lapangan Simpang Lima Atambua, 28-29 Juni. Sebelum menikmati aksinya, yuk kita mengenal Kotak.

Kotak adalah band yang kerap bergonta-ganti personel. Di formasi terakhirnya, Kotak hanya memiliki tiga personel inti. Yaitu Tantri (vokal), Chua (bass), dan Cella (gitar). Untuk drummer, Kotak menggunakan additional player.

"Kehadiran Kotak akan membuat edisi 2 KMPA 2019 lebih bergairah. Penggemar Kotak di perbatasan Atambua-Timor Leste sangat besar. Kehadiran Kotak pasti akan menyedot animo publik lebih besar. Buat warga Timor Leste, mari nikmati aksi Kotak bersama-sama," ajak Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani, Selasa (21/5).

Kotak dibentuk dari hasil ajang pencarian bakat khusus band, The Dream Band 2004. Awalnya, personel Kotak terdiri Cella (Gitar), Icez (Bass), Pare (Vokal), dan Posan (Drum). Dari formasi ini, Kotak mengeluarkan album pertamanya. Lagu-lagu yang menjadi andalan adalah Hilang, Terbang (khayal), Kau Pilih Dia, Damai Hati, dan Saat Kau Jauh.

"Kotak ini dibangun oleh talenta-talenta hebat dalam bermusik. Mereka sangat produktif dengan banyak lagu hits. Dinamisasi yang terjadi dalam internal mereka, tidak menyurutkan produktivitas Kotak. Band ini tetap eksis hingga saat ini," jelas Rizki lagi.

Tahun 2006, formasi Kotak berubah. Pare (Vokal) keluar. Posisinya lalu digantikan Tantri. Tak lama, Icez (Bass) juga hengkang. Posisinya diisi Nissa Hamzah yang juga akhirnya berlabuh di Omelette. Hingga, Chua akhirnya masuk. Mereka lalu merilis album 'Kotak Kedua'.

Di luar dugaan album ini sukses di pasaran. Nama Kotak langsung terangkat dengan lagu Beraksi. Kotak semakin menancapkan taring di industri musik Tanah Air dengan hits kedua di album ini, Masih Cinta. Sukses Kotak berlanjut ke album ketiga, Energi, yang dilepas pada 2010.

Lagu hitsnya, Pelan Pelan Saja, Selalu Cinta, dan Cinta Jangan Pergi, sangat akrab di telinga pecinta musik rock. Setahun berikutnya, album Energi didaur ulang jadi Energi (Rapackaged). Ada 4 lagu baru di sini, yaitu Tendangan Dari Langit, Lupa Ingatan, Apa Bisa, dan Menembus Cahaya. Namun, Posan (Drum) keluar pada 8 Maret 2011. Kotak pun menyisakan Tantri, Chua, dan Cella.

"Kotak memang sangat luar biasa. Mereka bisa melewati berbagai persoalan internalnya. Tetap eksis, lalu banyak menelorkan hits. Ada banyak prestasi besar yang terus mereka torehkan. Hal ini tentu jadi bukti soliditas dan kualitas mereka," tegas Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani. Beragam prestasi memang ditorehkan Kotak.

Album ke-3 Energi meraih status terbaik versi Anugerah Planet Musik 2011. Kotak juga memborong 4 penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2011. Pada 2015, Kotak mendapat 4 Multi Platinum. Kotak membukukan penjualan album sebanyak 120.000 dalam jangka 1 bulan. Setahun berikutnya menyabet Grup Band Rock Terbaik versi Jawa Pos Awards.

"Kehadiran Kotak akan menguatkan karakter KMPA 2019. Konser musik ini pasti banjir pengunjung. Untuk itu, silahkan atur perjalanan kembali menuju Atambua. Komposisi edisi ke-2 ini lebih menarik bersama Kotak. Selain atraksinya, Atambua juga didukung aksesibilitas dan amenitas terbaik. Enjoy Atambua," tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mencekam, Penumpang Terkunci di Stasiun Tanah Abang

Posted: 21 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Situasi mencekam dirasakan penumpang dan calon penumpang kereta di stasiun Tanah Abang Rabu (22/5) pagi. Mereka tidak bisa keluar dari stasiun akibat kericuhan pecah antara polisi dan demonstran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Penyebab Berat Badan Malah Naik Saat Puasa, Waspada

Posted: 21 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengeluhkan berat badan naik saat puasa. Padahal berpuasa sendiri adalah amal ibadah yang membuat seseorang tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai waktu berbuka di waktu maghrib.

Oleh karena itu, banyak juga yang heran dan bertanya-tanya, bagaimana bisa tubuhnya semakin gemuk, atau berat badan naik saat puasa. Padahal saat berpuasa orang menahan makan dan minum seharian. Selain itu banyak juga yang berniat untuk sekalian diet di bulan puasa ini.

Penyebab berat badan malah naik saat puasa adalah tidak teratur dalam menjalankan puasa. Berbagai hal seperti pola makan serta pola tidur harus diatur dengan baik selama berpuasa ini. Berpuasa bukan berarti kamu tidak menjalankan pola hidup sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/5/2019) beberapa penyebab berat badan naik saat puasa.

Makan Berlebihan dan Kurang Tidur

Ilustrasi kurang tidur (iStockphoto)

1. Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Banyak orang yang menjadikan waktu berbuka puasa menjadi waktu untuk 'balas dendam' dengan makan sebanyak-banyaknya. Tidak hanya itu, makanan-makanan yang dikonsumsi tersebut sudah tidak dipikirkan lagi apakah baik untuk kesehatan atau tidak. Semua makanan, seperti makanan manis, makanan berlemak, makanan berkalori tinggi, atau bahkan makanan pedas langsung dihabiskan seketika itu juga. Hal ini tidak hanya menyebabkan berat badan malah naik saat berpuasa, bahkan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit menyerang.

Sebaiknya kamu membatalkan puasa dengan makanan ringan terlebih dahulu. Kamu bisa mengonsumsi buah, salad, sup, dan takjil lainnya sebagai pembuka makanan berbuka puasa. Makanan-makanan tersebut dapat membuat kamu cukup kenyang dan juga rendah kalori. Berat badan akan naik bila kamu langsung mengonsumsi makanan berat yang mengandung karbohidrat serta kadar gula dan garam tinggi, apalagi dalam jumlah yang begitu banyak. Wajar bila badanmu akan gemuk bila setiap berbuka puasa memiliki kebiasaan seperti itu.

Oleh karena itu, jaga dirimu untuk tidak kalap saat melihat semua hidangan yang menggugah selera di meja makan. Perbanyaklah konsumsi buah buahan yang mampu menyehatkan tubuh. Setelah 30 menit atau 1 jam, barulah makan makanan utama seperti nasi dan lauk. Ingat, jangan sampai kamu makan terlalu banyak untuk membalas rasa lapar yang telah dirasakan seharian.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur juga merupakan salah satu masalah yang sering dialami selama berpuasa. Banyak orang yang takut tidak bangun di waktu sahur dan memilih untuk begadang semalaman sampai waktunya sahur, baru tidur. Hal ini sangat berbahaya untuk kesehatan, dan tentunya bisa membuat berat badan malah naik saat puasa. Ketika kamu mengalami gangguan tidur, hal tersebut akan berpengaruh terhadap proses metabolisme tubuh dan kontrol nafsu makan. Dengan ini kamu tau bahwa kurang tidur ternyata tidak hanya menyebabkan ngantuk saja saat berpuasa, tetapi juga menyebabkan masalah kesehatan.

Kebanyakan orang yang memiliki masalah kurang tidur ini adalah orang yang terbiasa tidur larut malam. Jadi saat harus makan sahur, tidurnya menjadi tidak cukup karena harus bangun lebih awal dari biasanya. Hal ini terkait dengan hormon leptin yang berfungsi untuk menekan rasa lapar. Jadi semakin kamu kurang tidur, makan hormon leptin akan membuat kamu jadi semakin mudah kelaparan dan bernafsu untuk terus makan. Hal inilah yang menyebabkan kamu menjadi tidak bisa menghentikan nafsu makan saat berbuka puasa. Kamu harus membiasakan untuk tidur lebih awal agar saat bangun sahur sudah tidak mengantuk lagi. Dengan ini, pola tidur kamu bisa diperbaiki dan bisa menghindarkan kamu dari bertambah berat badan.

Kurang Olahraga dan Langsung Tidur Setelah Sahur

Olahraga (Foto: www.libya-today.com)

3. Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik tentunya memang bukan prioritas utama saat menjalankan puasa. Hal ini karena tubuh mudah lemas saat menjalani puasa karena kurangnya asupan makanan pada siang hari, yang akhirnya membuat kamu malas melakukan aktivitas fisik apalagi berolahraga. Ternyata kebiasaan malas gerak ini bisa menyebabkan berat badan menjadi naik saat puasa.

Saking banyaknya faktor yang menyebabkan kamu malas melakukan kegiatan fisik menyebabkan badan selalu malas malasan dan ingin terus beristirahat. Padahal aktivitas fisik atau berolahraga merupakan faktor penting untuk mengontrol berat badan. Kalori yang disimpan tubuh kamu saat berbuka dan sahur akan tersimpan di badan dan membuat berat badan bertambah bila kamu tidak melakukan kegiatan fisik. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga ringan di bulan puasa ini. Puasa makan dan minum tentunya buka berarti puasa juga untuk berolahraga. Kamu bisa melakukan olahraga ringan sperti bersepeda, atau jogging sambil ngabuburit di sore hari agar badan tetap sehat dan berat badan tidak naik.

4. Langsung Tidur Setelah Sahur

Langsung tidur setelah sahur juga menjadi kebiasaan yang menjadi penyebab berat badan malah naik saat puasa. Karena harus bangun di waktu yang lebih awal, banyak orang yang tak kuasa menahan rasa kantuk setelah makan sahur. Akibatnya banyak juga yang memilih untuk langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini juga berbahaya bagi kesehatanmu, selain tentunya dapat menaikkan berat badan saat puasa.

Hal ini terjadi karena langsung tidur setelah sahur dapat menghambat proses pencernaan makan. Kalori yang harusnya dibakar malah dibiarkan menumpuk di dalam tubuh karena kamu langsung tidur. Makanan tersebut tidak bisa bertransformasi menjadi energi untuk kamu melakukan bebagai kegiatan di siang hari saat berpuasa. Karena itu, perut menjadi terasa membuncit, begah dan membuat berat badan naik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Usaha PGN Hadirkan Jaringan Internet di Surabaya

Posted: 21 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mempunyai rantai bisnis yang kuat di sektor lain. Salah satunya yang dibesut anak usaha PGASCOM (PT PGN Telecommunication Nusantara). 

PGNCOM memberikan layanan jaringan internet melalui produk Gasnet (PT Telemedia Dinamika Sarana), yang telah mempunyai pelanggan di Jawa dan Sumatra. 

"Karena kemampuan tersebut, cakupan layanan Gasnet pun kian luas. Teranyar, Gasnet telah menyiapkan infrastruktur layanan bagi pelanggan di Surabaya, Jawa Timur, " tutur Ditto Bravo Yanua, Kepala Regional Office Jawa Bagian Timur PGASCOM di Surabaya, seperti ditulis Rabu (22/5/2019).

Ditto mengungkapkan, kelebihan produk Gasnet paket produknya, salah satunya infrastruktur yang andal sehingga tidak mengganggu kinerja koneksi. Selain itu, pelayanan Gasnet pun sangat cepat dan responsif.

"Karena itu, kami juga siap melayani kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya," kata dia.

Dari sisi infrastruktur, layanan Gasnet cukup andal. Karena itu pelanggan di Sumatra yang mayoritas berasal dari perguruan tinggi, menganggap Gasnet layak dipercaya menyediakan layanan internet untuk kepentingan institusi.

Bahkan, Gasnet belum lama ini juga mengampu kepercayaan serupa dari PT Semen Baturaja Tbk, salah satu perusahaan pelat merah terkemuka. Layanan Gasnet bagi perusahaan berkode saham SMBR itupun meliputi kantor perwakilan di Jakarta.

PGN Cetak Pendapatan USD 3,87 Miliar pada 2018

Petugas PT Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa meteran jaringan gas bumi di perumahan warga di kawasan Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/12). Pemerintah melalui PGN memberi tambahan 5.120 jargas pada tahun 2018. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN)  mengumumkan perolehan laba  operasi sebesar USD 645 juta pada 2018,  meningkat dibandingkan pada 2017 sebesar USD 515 juta. 

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso mengatakan, PGN mencatatkan kinerja positif dari sisi pendapatan mencapai USD 3,87 miliar, dengan EBITDA sebesar USD 1,20 miliar.

"Total aset yang dikelola PGN mencapai USD 7,94 miliar," kata Gigih, usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2018, di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dia menuturkan, perbaikan kinerja keuangan didukung kegiatan operasional PGN selama 2018. Selain itu, perusahaan berhasil meningkatkan volume distribusi gas, dari posisi 894 BBTUD, naik delapan persen menjadi 962 BBTUD pada 2018.

Sedangkan untuk transmisi gas, volumenya sebesar 2.101 MMSCFD, lebih besar dibandingkan 2.078 MMSCFD volume transmisi gas pada 2017. 

Peningkatan operasi bisnis tersebut, tak lepas dari ekspansi pelayanan yang digarap PGN. Hingga tahun lalu, tercatat jumlah pelanggan distribusi gas mencapai 325.914, naik dari  299.766 pada 2017. 

"Kenaikan jumlah pelanggan sejak 2014 yang hanya sebesar 96.049," tutur dia.

Pada sisi hulu melalui anak usahanya PT Saka Energy, PGN menorehkan catatan produksi  minyak dan gas bumi siap jual (lifting) sebesar 39.213 barel setara minyak (Barel Oli Equivalent Per Day/BOEPD.

Sedangkan pengelolaan bisnis hilir meliputi niaga gas sebesar 962 BBTUD, transmisi gas sebanyak 2.101 MMSCFD, dan bisnis hilir lainnya 210 BBTUD.

 

PGN Percantik Saka Energi Belum Dilepas

FSRU PGN Lampung menerima Kargo LNG kedua dari Kilang LNG Tangguh, di Pantai Labuan Maringgai, Lampung, Senin (25/4). Kargo kedua ini adalah bagian dari 1,1 juta meter kubik LNG dari Tangguh yang akan masuk ke FSRU Lampung tahun ini. (Istimewa)

Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) akan mempercantik anak usahanya PT Saka Energi, sebelum melepasnya. Saat ini sedang dilakukan kajian untuk menetapkan mekanisme pelepasan perusahaan tersebut.

Rencana pemisahan Saka Energi dengan PGN merupakan ‎dampak dari penerapan holding BUMN migas, yang menjadikan Pertamina sebagai induk holding dan PGN sebagai Sub Holding Gas.

Direktur Keuangan ‎PGN Said Reza Pahlevy ‎mengatakan, sebelum dilepas saat ini PGN sedang memperbaiki kinerja keuangan Saka Energi, hal ini untuk meningkatkan nilai perusahaan ketika divaluasi. Dia pun menyebutkan, salah satu potensi untuk efisiensi adalah bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero) selaku holding migas.

"Kita mau meningatkan kinerja keuangannya Saka. Kami fokus memperbaiki kinerja mereka, kalau dijual kan rugi, kalau posisi sekarang," kata Reza, di Jakarta, Rabu, 27 Maret 2019.

Menurut Re‎za, saat ini PGN belum mendapat sinyal dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melepas Saka Energi, meski begitu perbaikan kinerja keuangan perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai perusahaan.

"Ya, begitu. Belum ada arah ke sana, pokoknya sekarang kita memperbaiki kinerja keuangan," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

[vidio:Gas Alam Berlangganan]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Kebersamaan Umat Beda Agama Ini Bikin Adem

Posted: 21 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia terdiri berbagai macam bahasa, suku, budaya dan agama. Mereka saling menunjukkan sikap toleransi antarumat. Maka dari itu, menjaga toleransi menjadi sikap yang penting untuk dijiwai seluruh masyarakat. 

Di tengah isu intoleransi belakangan ini, ternyata banyak contoh sikap toleransi dan kebersamaan umat beragama yang layak ditiru. Pada momen Ramadan yang dipercaya sebagai momen penuh berkah, menambah keyakinan banyak orang untuk berbuat kebaikan lebih dari biasanya. Belakangan ini banyak kisah viral dari orang-orang yang saling mengasihi sesama.

Di tengah isu agama yang belakangan ini memanas, ternyata masih ada orang baik yang mau saling memberi. Tidak memandang apa agamanya, apa pekerjaannya dan seperti apa rupanya, jika sudah berniat berbuat baik pasti tetap dilaksanakan.

Mulai dari orang berbeda agama yang menyiapkan takjil sampai sengaja membelikan makanan untuk buka puasa kepada ojek online, aksi orang-orang ini patut diacungi jempol.

Berikut Liputan6.com rangkum 5 potret kebersamaan umat beda agama yang bikin adem banget, Rabu (22/5/2019).

5. Tetap bersahabat dan saling mendoakan dengan caranya masing-masing

Potret Kebersamaan Dua Umat Beda Agama Ini Bikin Adem Banget (sumber:twitter/@graceoysh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dompet Digital Dana Permudah Bayar Zakat Lewat Dompet Dhuafa

Posted: 21 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital Dana baru saja mengumumkan kolaborasi dengan Dompet Dhuafa.

Dengan kolaborasi ini, pengguna Dana sekarang dapat membayar kewajiban zakat termasuk melakukan donasi lewat Dompet Dhuafa.

Menurut CEO Dana, Vincent Iswara, kolaborasi tersebut merupakan upaya Dana untuk menghadirkan pengalaman baru dalam bertransaksi digital, khususnya saat melakukan donasi maupun membayar zakat.

"Setelah menghadirkan beragam fitur pembayaran, sekarang pengguna Dana dapat melakukan Donasi. Fitur Donasi ini sudah dapat digunakan seluruh pengguna," tuturnya saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Vincent mengatakan donasi berbasis digital ini memiliki keunggulan karena dapat dilakukan secara real time dan lebih efisien. Tidak hanya melalui aplikasi Dana, donasi nantinya juga dapat dilakukan saat offline.

"Jadi, donasi melalui Dana ini nantinya dapat dilakukan di tempat offline, seperti beberapa titik Dompet Dhuafa termasuk beberapa masjid dengan memanfaatkan QR code," tuturnya menjelaskan.

Lebih lanjut Vincent menuturkan program donasi ini akan terus dilanjutkan dan memang menjadi layanan di Dana. Karenanya, Vincent mengaku optimistis bahwa aksi donasi melalui layanan digital ini akan terus berkembang.

Direktur Utama Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, mengatakan ada beberapa opsi yang dapat dipilih untuk melakukan donasi di Dana.

Beberapa opsi tersebut adalah zakat, donasi untuk 10.000 bingkisan Lebaran, air untuk kehidupan, hingga beasiswa untuk negeri.

"Tren donasi melalui digital memang tengah naik. Bahkan, data menunjukkan bahwa kontribusi donasi digital di Dompet Dhuafa hampir sama dengan pembayaran lewat bank," tutur Imam.

Sambut Ramadan, DANA Gelar 3 Promo Menarik untuk Para Pengguna

Dua wanita menggunakan DANA, Dompet Digital Indonesia di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, DANA mengumumkan sejumlah program menyambut bulan suci Ramadan. Aplikasi dompet digital ini hadir dengan program bertajuk DANA Bedug Berkah Meledug.

Program ini menawarkan beragam hadiah menarik, seperti Pajero Sport dan Mitsubishi Xpander. Selain itu, ada pula hadiah lain, yakni paket umroh dan Samsung Galaxy S10 Plus.

"Keseruan DANA Bedug Berkah Meledug dan program serupa kami hadirkan sebagai stimulan bagi masyarakat agar terdorong merasakan efisiensi transaksi nontunai dan nonkartu dengan DANA," tutur Chief Communication Officer DANA, Chrisma Albandjar, dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (16/5/2019).

Tidak hanya itu, program DANA di bulan Ramadan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan keyakinan masyarakat dalam mengadopsi budaya cashless.

Untuk Bulan Ramadan ini, ada tiga program yang dapat diikuti para pengguna DANA. Beberapa program tersebut adalah Tap & Win DANA Bedug, Kirim Uang Bonus 5 Juta Setiap Hari, dan Jumat Bukber.

Melalui program Tap & Win, DANA memberikan kesempatan pada pengguna untuk bermain menggunakan token yang diperoleh setelah melakukan transaksi. Pengguna yang tertarik dapat membukanya melalui tab Pocket di dalam aplikasi DANA.

DANA menyediakan hadiah utama berupa mobil Pajero Sport untuk satu orang pemenang. Sejumlah hadiah lain adalah 10 paket umroh, 20 unit Samsung Galaxy S10 Plus, 80 unit speaker JBL Flip, 45 paket voucher travel senilai Rp 5 juta, dan 20 unit iPad mini.

Program Dana di Bulan Ramadan

Seorang wanita menunjukkan layanan DANA di Jakarta, Rabu(21/3). DANA, Dompet Digital Indonesia merupakan sebuah layanan dari perusahaan rintisan (start up) di bidang teknologi finansial. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara program kirim uang bonus Rp 5 Juta mengajak pengguna DANA yang kerap berkirim uang ke sesama pengguna DANA atau rekening bank, mendapatkan saldo secara cuma-cuma. DANA menyediakan total hadiah Rp 5 juta per hari.

Terakhir, dalam program Bukber Meledug Setiap Jumat, DANA menyediakan cashback tambahan sebesar Rp 15 ribu untuk transaksi minimum Rp 50 ribu setiap hari Jumat.

Promo ini berlaku untuk satu kali transaksi per minggu di salah satu merchant yang berpartisipasi. Nama merchant yang berpartisipasi dalam program ini dapat dilihat dari aplikasi DANA.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Dipenuhi Tinta, Ketampanan Nicholas Saputra Tak Luntur

Posted: 21 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nicholas Saputra baru-baru ini melakukan perjalanan ke India. Hal tersebut terekam melalui akun Instagram-nya. 

Pemeran Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta? mengunggah foto yang menunjukkan dirinya sedang berada di kawasan sibuk New Delhi.

Nicholas Saputra bahkan mengunjungi beberapa tempat terbaik, yakni: Mesjid Lama, Agresen Ki Baoli, dan Lotus Temple Auditorium di New Delhi.

Dokumentasi foto Nicholas Saputra yang sedang berada di India kemudian diunggah oleh sutradara Mira Lesmana di Instagram. Tampak dalam foto tersebut, wajah Nicholas Saputra yang berbeda.

 

 

Tinta Biru

Wajah Nicholas Saputra tampak dipenuhi cat atau tinta berwarna ungu. Tinta tersebut bahkan menyebar ke area wajah lawan main Dian Sastrowardoyo itu.

Meski begitu, ketampanan Nicholas Saputra sama sekali tak luntur. Hal itu terbukti dari komentar warganet di akun Instagram Mira Lesmana yang memuji penampilan Nicholas Saputra.

"Boleh kah dftr jd pacar, atw istri gituuu.. 😍😆 @nicholassaputra," tulis akun @deoselly_panjaitan95

"orang ganteng mah mau diapain juga tetep ganteng yak 🤣 dicoret2 diwajah juga klo emang dsrnya ganteng ya tetep aje ganteng 🤣😍," sambung akun @foodiewithwidieduhh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Sudah Prediksi Tanggal 22 Mei Aksi Massa Meningkat

Posted: 21 May 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan pemerintah sebelumnya sudah memprediksi kalau aksi massa akan meningkat pada 22 Mei, di mana rencana awal Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal mengumumkan hasil rekapitulasi.

Kubu Prabowo Subianto merasa dicurangi dan tidak terima dengan kekalahan hasil rekapitulasi KPU. Bahkan kubu Prabowo dari awal sudah berniat mengerahkan massa pada tanggal 22.

Diketahui, dari dini hari tadi hingga pukul 10.30 WIB, terjadi sejumlah kerusuhan di sekitar Bawaslu dan Tanah Abang.

"Kita sudah prediksi meningkat eskalasi. Aparat kita sudah siap," kata Moeldoko di kantornya, Rabu (22/5).

Moeldoko melanjutkan, rencana massa untuk menyerang kepolisian dan anggota kepolisian sudah terbukti.

"Tadi pagi serang Asrama Brimob. Di Gambir sedang berjalan dan mulai terbukti kita sampaikan," katanya.

Mantan Panglima TNI itu menegaskan apa yang dilakukan massa perusuh sudah di luar tuntutan politik. Menurutnya, kubu Prabowo secara hukum akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ini yang dikhawatirkan memang bakal disusupi," tuturnya. 

Reporter: Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Mengevakuasi Mobil-mobil yang Terbakar di Petamburan

Posted: 21 May 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi mulai mengevakuasi belasan kendaraan yang dirusak dan dibakar oleh massa saat terjadinya kericuhan antara massa dan polisi. Polisi juga menutup arus lalu lintas dari Petamburan menuju jalan S Parman Slipi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedubes Rusia Imbau Warganya di RI agar Waspada hingga Akhir Mei

Posted: 21 May 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia memperingatkan warganya agar selalu waspada terkait demo hasil pemilihan presiden yang baru diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa, 21 Mei 2019.

Dalam pernyataannya, Kedubes Rusia bahkan meminta warga untuk menahan diri tidak mengunjungi tempat ramai hingga akhir bulan ini.

"Mengingat risiko destabilisasi situasi sosial dan politik, demi keamanan pribadi, warga Rusia sangat disarankan untuk menahan diri dari mengunjungi tempat-tempat ramai sampai akhir Mei tahun ini," tulis Kedubes Rusia dalam situs Indonesia.mid.ru.

"Kami juga meminta warga Rusia untuk mengikuti instruksi dari petugas penegak hukum, dan menghindari situasi konflik ketika berkomunikasi dengan penduduk setempat," tambahnya.

Berdasarkan rekapitulasi suara yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. KPU menyebut, jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601.

Kedubes AS Minta Warganya Jauhi Lokasi Demo

Eksterior kompleks bangunan baru Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta (Liputan6.com/Kedubes AS)

Hari ini, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia juga mengeluarkan imbauan kepada warga negaranya untuk selalu waspada, terkait aksi demo hasil pemilihan presiden 2019 di Jakarta.

Lewat situs resmi id.usembassy.gov, Kedubes AS pada Rabu, 22 Mei 2019 menyampaikan bahwa aksi demonstrasi terkait hasil pemilu yang dimulai pada 21 Mei malam diprediksi akan berlanjut hingga hari ini.

"Di beberapa lokasi di pusat Jakarta, khususnya di dekat Tanah Abang dan Jl. Wahid Hasyim di Menteng, bentrokan terjadi antara polisi dan pengunjuk rasa," tulis Kedubes Amerika Serikat.

"Kedutaan Besar sangat menyarankan warga AS untuk menghindari area ini," tambahnya.

Dalam pernyataannya, Kedubes AS juga menyampaikan tindakan yang harus diambil oleh warganya dalam kondisi ini.

"Hindari area di mana demonstrasi terjadi dan berhati-hati jika berada di satu kerumunan massa."

Selanjutnya, pihak Kedubes Amerika Serikat meminta agar warganya mengunduh Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk mendapat info keamanan lebih lanjut.

Imbauan AS Sebelumnya

Kendaraan lapis baja Tentara Nasional Indonesia (TNI) terparkir di pusat perbelanjaan di kawasan glodok, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Penjagaan berkaitan dengan rencana massa yang akan menggelar aksi unjuk rasa pada 22 Mei 2019 usai pengumanan hasil Pemilu KPU. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, peringatan keamanan juga dikeluarkan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Jumat 17 Mei 2019. Peringatan tersebut terkait pengumuman hasil Pilpres dan Pileg 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019.

"Pejabat kepolisian Indonesia telah menyatakan secara terbuka peningkatan risiko terorisme terkait finalisasi hasil pemilu. Media juga telah melaporkan penangkapan WNI baru-baru ini atas dugaan terorisme," demikian cuplikan peringatan keamanan di situs Kedubes Amerika Serikat di Jakarta (id.usembassy.gov).

Tak hanya itu, demonstrasi juga dimungkinkan terjadi di lembaga-lembaga terkait pemilu dan kantor publik lainnya di Jakarta. "Termasuk gedung KPU di Menteng, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jalan Thamrin."

Selain di Jakarta, tambah Kedubes AS, demonstrasi terkait pemilu serentak juga dimungkinkan terjadi di lembaga-lembaga terkait di kota lain, termasuk Surabaya dan Medan.

"Kepolisian Indonesia telah menyatakan bahwa personel keamanan tambahan akan mengamankan lembaga terkait pemilu dan lokasi lain di Jakarta dan sekitarnya. Dimungkinkan akan ada penutupan jalan dan gangguan lalu lintas yang signifikan di area di mana demonstrasi terjadi," demikian peringatan keamanan dari Kedubes AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Fokus Mengelas, Pria Ini Alami Kejadian Tak Terduga

Posted: 21 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melakukan sebuah pekerjaan tentu saja harus dilaksanakan secara serius dan juga fokus. Namun, meski dilakukan secara serius dan juga fokus, kamu tetap harus memperhatikan sekitar. Jangan sampai ada keteledoran yang dilakukan. 

Pada sebuah video yang diunggah oleh akun Twitter @rasarab memperlihatkan seorang pria yang terlalu fokus melakukan pekerjaan. Akan tetapi karena trlalu fokus, ia justru tak memperhatikan apa yang akan terjadi padanya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun @rasarab, Rabu (22/5/2019) dalam video tersebut terlihat seorang pria yang sedang mengelas. Namun karena terlalu fokus mengelas, kepala pria tersebut justru tersangkut di rangkaian besi yang telah tersambung.

Kepala tersangkut

Dalam video yang berdurasi 30 detik tersebut memperlihatkan seorang pria yang sedang fokus mengelas rangkaian besi. Namun, karena terlalu fokus mengelas, kepala sang pria justru tersangkut didalam rangkaian besi tersebut. Hal ini karena saat akan mengelas, ia justru menjulurkan kepalanya dan berada di antara rangkaian besi.

Tentu saja, setelah ia selesai mengelas rangkaian tersebut, pria yang mengelas baru menyadarinya. Sedang yang merekam justru tertawa melihat tingkah laku sang pria yang kepalanya tersangkut.

Meskipun sambungan pada bagian atas belum sempat di las. Namun tentu saja kepalanya tak bisa keluar dengan mudah. Akhirnya seorang pria yang berada dibelakangnya membantu dengan cara memotong sambungan yang baru saja di las.

Reaksi netizen

Tingkah laku sang pria dalam video tersebut tentu saja mengundang rekasi netizen. Video tersebut pun telah lebih dari 24 ribu kali ditonton oleh para netizen. Reaksi yang diberikan oleh para netizen pada video tersebut pun bermacam-macam. Bahkan tak sedikit pula yang menertawakan tingkah lakunya.

"nambah kerjaan aja lu tong ..." tulis akun @remblonggaspoll

"lah dia lupa palanya nyangkut wkwkwk" komentar akun @Rezafachrezzy di video tersebut.

"Rumahku belakang bengkel las tapi kok nggak pernah nemu kejadian gini yak" tulis akun @uch173.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rano Karno Bocorkan Jadwal Syuting Si Doel the Movie 3

Posted: 21 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum juga film kedua resmi tayang di bioskop, Rano Karno sudah membocorkan akan adanya Si Doel the Movie 3. Syutingnya pun akan dimulai tahun ini.

Pria yang juga memerankan tokoh utama si Doel ini membocorkan, Si Doel the Movie memang sedang dibuat trilogi. "Makanya setelah pertama dan kedua, akan ada yang ketiga," ujar Rano Karno, aaat ditemui di Masjid Al Azhom, Kota Tangerang, Selasa (21/5/2019).

Meski seri kedua baru akan tayang serempak pada 4 Juni mendatang, atau sehari sebelum lebaran tiba, Rano Karno mengaku bahwa kru Si Doel the Movie 3 akan mulai syuting lagi pada bulan Agustus - September mendatang.

"Rencananya Agustus September ini akan mulai syuting yang ketiga, Oktobernya kan saya dilantik. Jadi pasti tidak akan mengganggu aktivitas lainnya," ujar pria yang juga lolos melenggang ke kursi legislatif RI itu.

Budaya Betawi

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Lokasinya pun masih sama, berlatar belakang budaya Betawi dengan mengambil Jakarta sebagai lokasi utamanya. Kemungkinan, film ini pun akan mengambil latar Belanda sebagai pelengkapnya.

"InshaAllah negara mana lagi, kita lihat nanti ya," kata aktor senior itu.

Seperti diketahui, gala premier film garapan rumah produksi Falcon itu akan digelar pada 25 Mei mendatang. Kemudian film ini siap tayang serentak di bioskop pada 4 Juni 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Naikkan Nilai Kontrak Juan Mata

Posted: 21 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) serius ingin mempertahankan Juan Mata (MU). Setan Merah disebut sudah menaikkan tawaran kepada sang playmaker agar bertahan di Old Trafford.

Masa depan Mata bersama MU berada di awan kelabu. Kontrak pemain asal Spanyol itu kontraknya akan habis di musim panas nanti dan hingga kini belum ada tanda-tanda akan meneken kontrak baru di Old Trafford.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer sudah mengatakan Mata merupakan pemain penting bagi timnya. Karena itu, Solskjaer ingin Mata bertahan.

Dilansir ESPN, MU benar-benar tidak ingin kehilangan Mata. Klub Inggris ini disebut kembali menambah nilai kontrak untuk Mata agar bertahan musim depan.

 

Durasi dan Nilai Kontrak

Playmaker Manchester United (MU) Juan Mata. (AP/Mike Egerton)

Laporan itu mengklaim bahwa MU sudah mengirimkan revisi penawaran mereka kepada Mata untuk menambah masa baktinya di MU.

Manajemen MU pada awalnya bersikukuh hanya mau memberikan kontrak berdurasi setahun kepada Mata. Mereka juga disebut tidak menaikkan gaji Mata di Old Trafford.

Namun, karena mereka sadar bahwa Mata memegang peran yang penting di tim, sehingga MU akhirnya menaikkan durasi dan juga nilai kontrak Mata.

 

Siap Bertahan

Laporan tersebut mengklaim bahwa Mata menyambut baik tawaran baru dari MU tersebut. Mata disebut senang karena pihak MU mendengarkan tuntutannya sehingga bersedia untuk meneken kontrak baru tersebut.

Mata dikabarkan masih akan mempelajari kontrak terbaru itu dan dalam waktu dekat ia akan menandatangani kontrak baru itu jika ia merasa tawaran itu sudah sesuai secara keseluruhan.

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Aksi 22 Mei, BI Hentikan Layanan Penukaran Uang Keliling

Posted: 21 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada aksi 22 Mei membuat sejumlah layanan masyarakat terganggu. Salah satunya layanan penukaran uang atau kas keliling yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI).

"Kegiatan Kas Keliling wilayah Jabodetabek hari ini tanggal 22/05/2019 tidak beroperasional," tulis akun Twitter resmi Bank Indonesia seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (22/5/2019).

Tak hanya layanan kas keliling Bank Indonesia, layanan penukaran uang di Monas pun juga dihentikan sementara.

Penutupan layanan kas keliling ini dilakukan Bank Indonesia demi menjaga keyamanan dan kemanan baik pegawai kas keliling ataupun masyarakat yang akan menukarkan uangnya.

Bank Indonesia tidak menegaskan sampai kapan layanan ini dihentikan. Hanya saja penutupan layanan kas keliling ini dilakukan hingga situasi lebih kondusif.

Imbauan KCI

Rangkaian kereta commuter line saat melintas di dekat Stasiun Universitas Indonesia, Depok, Selasa (29/12/2015). Untuk mengakomodasi penumpang pada malam pergantian tahun, KRL Commuter Line akan beroperasi 24 jam. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Tak hanya Bank Indonesia, PT Kereta Commuter Indonesia mengimbau para pengguna KRL Commuter Line yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang dan Palmerah maupun bertujuan ke stasiun tersebut untuk dapat mencari alternatif stasiun lain untuk stasiun keberangkatan atau tujuannya.

Hal ini karena kondisi di kedua stasiun tersebut sangat dipadati pengguna, sehubungan penutupan sebagian akses jalan di luar stasiun.

"Untuk pengguna dengan tujuan Stasiun Palmerah dapat menggunakan Stasiun Kebayoran. Sementara pengguna dengan tujuan Stasiun Tanah Abang dapat menggunakan Stasiun Karet, Sudirman, maupun Duri," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.

Dia menyatakan, perjalanan KRL hingga saat ini tetap melayani naik turun pengguna di Stasiun Palmerah maupun Stasiun Tanah Abang untuk pengguna yang hendak transit maupun yang hendak berpindah KRL kembali ke arah Stasiun keberangkatan awalnya.

Selain itu, perjalanan KRL secara keseluruhan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya juga hingga saat ini juga masih beroperasi normal.

"PT KCI menghimbau para pengguna untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan keamanan dengan tetap memperhatikan himbauan dari petugas serta tidak memaksakan diri untuk naik dan turun saat KRL maupun stasiun tujuan kondisinya sangat padat," tandas dia.

Mal Tetap Buka

Kendaraan lapis baja Tentara Nasional Indonesia (TNI) terparkir di pusat perbelanjaan di kawasan glodok, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Penjagaan berkaitan dengan rencana massa yang akan menggelar aksi unjuk rasa pada 22 Mei 2019 usai pengumanan hasil Pemilu KPU. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, operasional pusat perbelanja dan mal di Jakarta dipastikan tetap berjalan normal. Meski hari ini akan ada aksi unjuk rasa 22 Mei di sejumlah titik di ibu kota.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, pada hari ini pusat perbelanjaan dan mal akan buka seperti biasa. Pengelola mal juga akan memberikan layanan secara maksimal kepada masyarakat yang berkunjung.

"(Operasional) Tetap normal. Mal di DKI tetap buka seperti biasanya. Operasional tetap berjalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.

Dia menjelaskan, untuk mengantisipasi aksi 22 Mei, pengelola pusat perbelanjaan dan mal di ibu kota telah menyiapkan tambahan pengamanan. Ini guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung mal.

"Semua mal sudah memiliki pengamanan internal dan juga menambah pengamanan," kata dia.

Selain dari pengamanan dari internal, lanjut Ellen, pengelola mal juga meminta bantuan pihak berwenang seperti Polri dan TNI guna memperketat keamanan dan sebagai langkah antisipasi kejadian yang tak diinginkan.

"Pengamanan kita serahkan kepada pihak TNI. Untuk malnya sendiri memang semua tetap antisipasi dan waspada," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1: Siaran Langsung Malam Ini

Posted: 21 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2019 pekan kedua bakal mempertandingkan dua laga menarik pada Rabu (22/5/2019). Dua pertandingan ini bisa disaksikan secara langsung di layar kaca.

Dalam jadwal Shopee Liga 1 2019, Borneo FC akan menjamu Arema FC di Stadion Segiri. Di laga ini, kedua tim mengincar kemenangan setelah menelan pil pahit pada pekan pertama.

Borneo ditahan Bhayangkara FC 1-1 pada Kamis (16/5/2019) di Samarinda. Sementara, Arema menelan kekalahan pada partai pembuka kompetisi melawan PSS Sleman, Rabu (15/5/2019).

Di laga lain, Persela Lamongan akan menjamu Persipura Jayapura di Stadion Surajaya. Laga ini diprediksi bakal berjalan ketat mengingat pertemuan mereka sebelumnya sangat seru.

Pada musim lalu, Persela merupakan klub yang tak terkalahkan di kandang. Persipura pun menjadi korban dan kalah 2-3 di Surajaya.

Lihat jadwal Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung hari ini di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Pertandingan

Kamis, 22 Mei 2019

20.30 WIB, Borneo vs Arema FC (Indosiar)

20.30 WIB, Persela Lamongan vs Persipura Jayapura (O Channel)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Tiket Pesawat Turun, Garuda Indonesia Bakal Tutup Beberapa Rute

Posted: 21 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia mengaku akan mengevaluasi beberapa rute penerbangan. Evaluasi ini terkait apakah akan ada pengurangan frekuensi penerbangan atau bahkan penutupan rute penerbangan.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah menjelaskan, evaluasi sejumlah rute penerbangan ini sebagai dampak dari penurunan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat yang teah ditetapkan oleh pemerintah.

Evaluasi yang dilakukan Garuda, dijelaskannya adalah mayoritas rute-rute penerbangan ke beberapa daerah terpencil yang selama ini operasionalnulya menggunakam sistem subsidi silang oleh manajemen.

"Kan rute-rute remote itu kita subsidi dari rute gemuk, dengan adanya ini maka sundisi terpaksa berkurang. Jadi rute-rute yang kemungkinan akan kita tutup yang menggunakan ATR," kata Pikri seperti ditulis, Rabu (22/5/2019).

Menurutnya, beberapa rute gemuk yang selama ini mensubsidi rute-rute daerah terpencil di Indonesia diantaranya, Jakarta-Jogja, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Denpasar, Jakarta-Semarang dan lainnya.

Hanya saja, penutupan ini akan disesuaikan dengan kebijakan subsidi masing-masing pemerintah daerah. Jika pemerintah daerah menyediakan subsidi, maka rute tetap diterbangi, namun jika tidak, akan ditutup.

Penutupan rute oleh Garuda Indonesia ini sebenarnya sudah dilakukan dalam dua bulan terakhir seperti salah satunya rute Belitung-Singapura. "Rute Denpasar-New Delhi juga ditutup, Jakarta-London kita sedang evaluasi," tegas dia.

Harga Tiket Pesawat Harus Turun per 18 Mei

Pesawat maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 106 Tahun 2019 yang berisi daftar tarif baru usai Tarif Batas Atas (TBA) diturunkan mulai dari 12-16 persen.

Menteri Perhubungan menandatangani Kepmen tersebut per 15 Mei 2018. Usai Kepmen ditandangani, Menhub memberikan waktu paling lambat 18 Mei, sejumlah maskapai harus menurunkan tarifnya.

Yang harus menyesuaikan tarif batas atas sesuai aturan baru ini dalam maskapai kelas ekonomi.

Sesuai aturannya kelas ekonomi dimaksud adalah terbagi dalam tiga kelas yaitu First Class (Garuda Indonesia dan Batik Air), Medium Class (Trigana Air, Travel Express, Sriwijaya Air, NAM Air, dan Transnusa Air) dan Low Cost Carrier / LCC (Lion Air, Wings Air, Indonesia AirAsia, Indonesia AirAsia Extra, Citilink, dan Susi Air). 

Hanya saja dalam Kepmen tersebut menegaskan perubahan tarif hanya untuk jenis pesawat jet tidak untuk pesawat baling-baling (propeler).

Dikutip Liputan6.com dari Kepmen 106 Tahun 2019, Sabtu (18/5/2019), berikut daftar Tarif Batas Atas baru yang harus diterapkan maskapai di beberapa rute gemuk dari dan ke Jakarta :

- Jakarta - Surabaya, maksimal harga tiket Rp 1.167.000

- Jakarta - Makassar, maksimal harga tiket Rp 1.830.000

- Jakarta - Malang, maksimal harga tiket Rp 1.194.000

- Jakarta - Semarang, maksimal harga tiket Rp 796.000

- Jakarta - Solo, maksimal harga tiket Rp 906.000

- Jakarta - Jogja, maksimal harga tiket Rp 860.000

- Jakarta - Lombok Praya, maksimal harga tiket Rp 1.396.000

- Denpasar - Jakarta, maksimal harga tiket Rp 1.431.000

- Jakarta - Medan, maksimal harga tiket Rp 1.799.000

- Jakarta - Palembang, maksimal harga tiket Rp 844.000

- Jakarta - Padang, maksimal harga tiket Rp 1.476.000

Selanjutnya

Pesawat maskapai Lion Air terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hanya saja, dalam Kepmen 106 tersebut dinyatakan, tarif yang dicantumkan tersebut belum termasuk:

- Pungutan Pajak Pertambahan Nilai (PPn)

- Iuran wajib dana pertanggungan dari PT Jasa Raharja (Persero)

- Biaya tambahan, dan/atau

- Tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U)

Untuk mengetahui daftar lengkap tarif maksimal, bisa mengunduh Keputusan Menteri Nomor 106 Tahun 2019 melalui laman resmi Kementerian Perhubungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Al Wadud, Allah Mencintai Umatnya yang Saleh

Posted: 21 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Al Wadud adalah salah satu sifat yang dimiliki Allah SWT. Apa makna dari kata ini?

Cendikiawan muslim Quraish Shihab menjelaskan ada dua makna yang terkandung dalam Al Wadud. Makna pertama, cinta dan harapan, makna kedua diartikan lapang dan kosong. 

Wadud dari kata Al Wadud, menurut Quraish Shihab bisa berarti subjek, atau objek. Sebagai subjek, Allah mencintai makhluk-makhluknya dan akan menganugerahkan segala yang dibutuhkan.

"Mengabulkan harapan dan yang tidak pernah bermaksud buruk, serta tidak pernah mengenal kekejaman kepada hamba-hambanya," ucap Quraish Shihab.

Dari sifat Allah yang satu ini, maka sangatlah wajar apabila manusia mencintai-Nya dan mengharap kepada-Nya. 

Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan cinta-Nya? Berjalan sesuai tuntunan serta ajaran-Nya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi dan AHY Kembali Bertemu

Posted: 21 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi dan Komanan KOGASMA Demokrat kembali bertemu. Ini adalah kali kedua Jokowi bertemu dengan AHY.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Pukul Mundur Massa Rusuh di Petamburan

Posted: 21 May 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas kepolisian memukul mundur massa yang berkerumun di perempatan perempatan jalan depan Masjid Jami' An Nur, kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019).

Sekitar pukul 10.10 WIB, ratusan polisi merangsek dari dua arah, Jalan KS Tubun dari arah Asrama Brimob dan Jalan Brigjen Katamso. Beberapa kali polisi menembakkan gas air mata sehingga massa yang memblokade jalan berlarian. Demikian dilansir dari Antara.

Sebagian berlari ke arah Museum Tekstil atau Pasar Tanah Abang, sebagian melarikan diri masuk ke gang-gang perkampungan sekitar. Beberapa orang diamankan polisi karena tidak berhasil melarikan diri.

Sementara itu, puluhan tentara diturunkan menyusuri Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat, Rabu, untuk menenangkan warga yang berada di sepanjang pinggir jalan.

 

Hidup TNI!

Pantauan di lokasi, menyebutkan, sebagian pasukan menemui massa yang sejak tadi sudah bersiaga di Jl KS Tubun atau sekitar 200 meter dari asrama Brimob tempat terjadi kerusuhan dini hari.

Massa yang tadi berkumpul di tengah jalan lengkap dengan membawa kayu kemudian menjadi tenang dan menyenandungkan selawat.

Sejumlah tentara yang diturunkan tidak dipersenjatai dengan apapun dan hanya sebagian yang membawa tameng antihuru-hara. Tentara yang mengenakan baret hijau tersebut menyusuri jalan menyalami warga yang juga disambut oleh warga.

"Hidup TNI! Hidup TNI!" teriak warga bersahut-sahutan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kedekatan Jokowi dengan Warga, Tampil Sederhana

Posted: 21 May 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, sebagai pemenang Pilpres 2019. 

Pengumuman tersebut dikeluarkan KPU pada Selasa, 21 Mei 2019, pukul 01.46 WIB. Dari jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601 (100%), Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 85.607.362 (55,5%), sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengantongi 68.650.239 (44,5%).

Berita kemenangan Jokowi pun mendapat sambutan yang luar biasa. Beberapa tokoh di Indonesia hingga luar negri juga turut mengucapkan kemenangan Jokowi. Jokowi sendiri sebelumnya telah menjabat sebagai presiden ke-7 Indonesia yang dikenal sederhana dan dekat dengan rakyatnya. Kedekatan Jokowi dengan rakyat mematahkan anggap tentang presiden yang kaku, menakutkan, dan berjarak.

Saking dekatnya Jokowi dengan rakyatnya, beliau pun sering berselfie dan berfoto bersama warga. Jokowi pun juga tak enggan turun dari mobil hanya untuk menyapa warganya.

Dari hal ini bisa dilihat bahwa Jokowi bisa membuat seorang Presiden tidak lagi berjarak dengan dengan orang-orang kebanyakan. Berikut 6 potret kedekatan Jokowi dengan warga yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/5/2019).

1. Makan Bersama Para Perkerja Pabrik

Jokowi (sumber: instagram/@jokowi)

Walau telah menjadi presiden, Jokowi tak enggan untuk makan siang bersama dengan para pekerja pabrik sepatu PT KMK Global Sports di Cikupa, Tangerang. Bahkan menu yang dimakan sama dengan para pekerja.

2. Blusukan ke Pasar

Jokowi (sumber: instagram/@jokowi)

Sebelum Ramadan tiba, Jokowi menyempatkan diri blusukan ke pasar di daerah Bogor. Kedatangan Jokowi ini ingin memastikan ketersediaan pasokan bahan-bahan pokok di pasar dan harga yang terkendali, sehingga umat Islam di negeri ini bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang.

3. Naik MRT Jakarta

Jokowi (sumber: instagram/@jokowi)

Setelah 1 bulan MRT Jakarta beroperasi, Jokowi menyempatkan diri untuk naik MRT. Saat itu Jokowi naik MRT dari Stasiun Bundaran HI, ke Lebak Bulus.

4. Makan Siang di Mall

Jokowi (sumber: instagram/@jokowi)

Beberapa waktu lalu Jokowi menghabiskan akhir pekan untuk makan siang di Grand Indonesia. para pengunjung mal begitu ramai mengajak bersalaman dan berfoto bersama. Masyarakat senang, karena Jokowi sangat ramah.

5. Berhenti Hanya untuk Bersalaman

Jokowi (sumber: instagram/@jokowi)

Pada saat perjalanan Jokowi dari Bogor menuju Gelora Bung Karno. Seorang bapak tua tiba-tiba menyeberang jalan dan mendekati mobil yang Jokowi tumpangi. Rupanya ia hanya ingin bersalaman dan Jokowi dengan ramah berhenti dan bersalaman dengan bapak tersebut.

6. Mendengarkan pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional Pemilihan Umum 2019 bersama warga

Jokowi (sumber: instagram/@jokowi)

Jokowi baru-baru ini menyempatkan diri berkunjung ke Kampung Deret di Johar Baru, Jakarta. Kunjungan Jokowi ini terdengar tidak bisa. Kunjungan kali ini Jokowi dan warga kampung Deret bersama-sama mendengarkan pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional Pemilihan Umum 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Launching Pesona Mudik 2019, Kemenpar Gulirkan Tiga Program Andalan

Posted: 21 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mudik lebaran adalah momen besar di Indonesia. Ada pergerakan orang yang luar biasa antar satu daerah ke daerah lainnya. Untuk memeriahkannya, Kementerian Pariwisata meluncurkan #PesonaMudik2019. Program tersebut diluncurkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, Selasa (21/5/2019), di Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata, Jakarta.

Dalam acara ini diumumkan tiga program andalan Kemenpar sambut mudik lebaran 2019. Pertama lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019 dengan total hadiah Rp 300 Juta. Lalu, program 10 Top Kuliner dan 10 Destinasi Mudik. Berikutnya program Pesona Mudik 2019 Co Branding.

"Tahun ini kita membuat lomba foto untuk kaum milenial yaitu lomba Foto Instagram #PesonaMudik2019," ungkap Arief Yahya. Ia menjelaskan, dengan mengikuti lomba ini netizen dapat mengabadikan momen seru selama perjalanan mudik dan libur lebaran.

Khusus untuk lomba fotonya dibagi 2 periode. Periode I diluncurkan 1 Mei 2019 sampai dengan 26 Mei 2019. Kategori yang dilombakan, kuliner dan destinasi wisata. Dalam lomba ini akan diambil 150 pemenang dari dua kategori di atas. Satu pemenang akan mendapat Rp 1 juta dipotong pajak. Pemenang akan diumumkan 30 Mei 2019.

Lalu, periode II mulai 26 Mei sampai 10 Juni 2019. Kategori lombanya ada 3, kuliner, destinasi dan event. Nah, periode ini juga diambil 150 pemenang. Masing-masing pemenang mendapat Rp 1 juta. Pemenang diumumkan 15 Juni 2019.

Dalam lomba foto ini peserta wajib membuat hastag utama, #PesonaMudik2019. Hastag periode I, #RamadanPenuhPeson. Lalu, hastag periode II, #LebaranPenuhPesona. Hastag wajib untuk semua peserta, #PesonaIndonesia dan #WonderfulIndonesia.

Perkembangannya lombanya cukup menggembiraan, sampai 20 Mei 2019, sudah ada 5.000 post. Target jumlah peserta lomba foto adalah 10.000 posting.

Biar lomba foto makin menyebar, Kemenpar menggandeng selebriti menjadi endorser. Selebriti yang digandeng antara lain Raffi Ahmad, (@raffinagita1717), Rizki (@da2_rizki123), Ridho (@da2_ridho), Prilly Latuconsina (@PrillyLatuconsina96). Semua selebritis yang jadi endorser ini memiliki follower jutaan orang.

Selanjutnya, Kemenpar juga mengandeng komunitas sebagai endorser. Antara lain Generasi Pesona (Genpi) dan influencer lokal. Biar promosi makin mantap, Kemenpar beriklan di media besar Tanah Air, baik online mapun cetak, juga di televisi. Lalu, tak alpa untuk berpromosi di media sendiri, PesonaId.Travel dan Kemenpar.Go.Id.

Program bertajuk 10 Top Kuliner dan 10 Top Destinasi dibuat untuk memberikan referensi masyarakat ketika musim mudik tiba. Alasan lainnya, tahun ini diperkirakan lebih dari 20 juta orang akan melakukan perjalanan mudik. Melalui program yang telah digelar sejak 2018 ini, para pemudik bisa dengan mudah memperoleh informasi mengenai kuliner dan destinasi wisata.

Untuk memilih 10 Top Kuliner dan Destinasi, Kemenpar meramu informasi dari berbagai sumber. Antara lain TripAdvisor, Google Maps, Google, dan Local Guide. Lalu diverifikasi Genpi dan dikurasi Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizky Handayani menuturkan peristiwa mudik lebaran tak bisa dilepaskan dari aktivitas pariwisata. "Ini berarti karena ada pergerakan orang, di situ juga terjadi pergerakan uang yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata daerah," ungkapnya.

Hal ini dikuatkan dengan informasi dari Bank Indonesia, yang mengestimasikan akan ada perputaran uang hingga Rp 200 triliun selama 11 hari libur lebaran. Asumsinya per orang menghabiskan sekitar Rp 10 juta.

Pada momen itu juga Ketua Tim Co-Branding Kemenpar Priyantono Rudito menjelaskan tentang co-branding yang dilakukan Kemenpar. "Bahwa, program Pesona Mudik Lebaran ini merupakan bentu co-creation dalam kerja sama co-branding, khususnya brand oleh-oleh artis entrepreneur," bilang Priyantono.

Program co-branding itu antara lain, aktivasi kampanye media sosial, bazar pesona mudik. Lalu, ada program promo "Hot Delas" produk oleh-oleh artis yang didukung mitra co-branding lainnya. Tercatat ada 10 brand menjadi mitra co-branding Kemenpar. Antara lain, BRI, Grab, Bluebird, Telkomsel, Traveloka, Tiket.com, Hydro Coco, Rumah Zakat, Gofress, dan Batik Trusmi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demo 22 Mei, PNS Tetap Kerja Seperti Biasa

Posted: 21 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi massa 22 Mei berlangsung beberapa titik di Jakarta pada Rabu ini. Sejumlah perusahaan pun mengambil kebijakan agar karyawan bekerja dari rumah atau diliburkan.

Sementara, kebijakan itu tidak berlaku bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS). Abdi negara tersebut tetap diwajibkan untuk bertugas seperti biasa.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut tidak ada himbauan khusus terkait hari ini. Namun, kementerian berpesan agar PNS mengikuti arahan petugas.

"Tidak ada himbauan khusus tapi kami mengharapkan para PNS memperhatikan dan mengindahkan informasi dan arahan dari aparat keamanan," ujar Kepala Biro Humas Kementerian PANRB Mudzakir kepada Liputan6.com, Rabu (22/5/2019).

Lebih lanjut, Mudzakir menegaskan para PNS tetap bekerja seperti biasa meski ada demo. Tidak ada libur untuk tanggal ini. "Tetap melaksanakan tugas sesuai kewajibannya," ujar Mudzakir.

Tanggapan senada disampaikan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) M. Ridwan bahwa PNS tetap masuk dan situasi aman kecuali di area tertentu. "Saya aman kok, paling cuman di sekitar Bawaslu ini aman kok," jelasnya.

Aksi Massa 22 Mei ini sempat memanas pada pagi dini hari ini. Para pendemo bahkan telah merusak Stasiun Tanah Abang yang notabene ramai disinggahi oleh pegawai kantoran di Jakarta Pusat. Para penumpang pun terjebak di stasiun.

Pengguna KRL Dihimbau Hindari Stasiun Tanah Abang dan Palmerah

Stasiun Tanah Abang ditutup terdampak bentrok warga dengan polisi. (istimewa)

 PT Kereta Commuter Indonesia menghimbau para pengguna KRL Commuter Line yang hendak naik dari Stasiun Tanah Abang dan Palmerah maupun bertujuan ke stasiun tersebut untuk dapat mencari alternatif stasiun lain untuk stasiun keberangkatan atau tujuannya.

Hal ini karena kondisi di kedua stasiun tersebut sangat dipadati pengguna, sehubungan penutupan sebagian akses jalan di luar stasiun.

"Untuk pengguna dengan tujuan Stasiun Palmerah dapat menggunakan Stasiun Kebayoran. Sementara pengguna dengan tujuan Stasiun Tanah Abang dapat menggunakan Stasiun Karet, Sudirman, maupun Duri," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Rabu (22/5/2019). 

Dia menyatakan, perjalanan KRL hingga saat ini tetap melayani naik turun pengguna di Stasiun Palmerah maupun Stasiun Tanah Abang untuk pengguna yang hendak transit maupun yang hendak berpindah KRL kembali ke arah Stasiun keberangkatan awalnya.

Selain itu, perjalanan KRL secara keseluruhan di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya juga hingga saat ini juga masih beroperasi normal.

"PT KCI menghimbau para pengguna untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan keamanan dengan tetap memperhatikan himbauan dari petugas serta tidak memaksakan diri untuk naik dan turun saat KRL maupun stasiun tujuan kondisinya sangat padat," tandas dia.

Transjakarta Berlakukan Pengalihan dan Pemangkasan Rute

Petugas kepolisian menembakan gas air mata ke arah massa aksi saat terjadi bentrokan di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Lantaran menolak bubar, aparat berkali-kali menembakan gas air mata ke arah massa. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

 PT Transjakarta melakukan pengalihan rute sejumlah bus Transjakarta akibat adanya aksi di sekitar kawasan Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Direktur Umum PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan, penyesuaian layanan dari Transjakarta saat ini hanya bersifat situasional saja. 

 "Bila pihak berwenang menyatakan situasi kondusif maka rute akan kembali sesuai jadwal," kata Agung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dia menyebut, untuk layanan bus wisata dan bus Tranjakarta gratis rute Bundaran Senayan-Harmoni dan Tanah Abang explore stop beroperasi untuk hari ini.

Sama halnya dengan rute DA2 Dukuh Atas-Tanah Abang, rute Jak 11 Kebayoran Lama-Tanah Abang, rute Jak 14 Tanah Abang-Meruya dan rute Jak 12 Tanah Abang-Kebayoran Lama via Pos Pengumben.

Koridor 1 Blok M-Kota sementara tidak melewati halte Polda sampai Monas untuk kedua arah. Rute 8K Batusari-Tanah Abang dipangkas.

Untuk rute Stasiun Gondangdia-Tanah Abang juga mengalami perpendekan hanya sampai Sabang. Sementara untuk Tanah Abang-Stasiun Senen juga juga dipangkas menjadi Stasiun Senen-Danareksa.

Rute 5F Kampung Melayu-Tanah Abang dilakukan perpendekan sampai di Karet Bivak saja. Kemudian, rute 8C Kebayoran Lama-Tanah Abang juga dipendekan sampai Karet Bivak. Rute 1N Blok M-Tanah Abang hanya sampe halte Tosari.

Lalu, rute Pondok Cabe-Tanah Abang sementara dipendekan hanya sampai Lebak Bulus. Rute 9D Pasar Minggu-Tanah Abang dipendekan hanya samapi halte Tosari. Kemudian rute 6A Ragunan-Monas via Kuningan menajdi rute Ragunan-Tosari via Semanggi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko: Ada Kelompok Tertentu Buat Keruh Suasana

Posted: 21 May 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan ada upaya dari kelompok tertentu yang membuat keruh suasana. Sebab, bentuk penolakan rekapitulasi KPU sedang dilakukan upaya yudisial ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kelompok 02 telah melakukan upaya yudisial ke MK (Mahkamah Konstitusi). Sehingga sebetulnya dengan pernyataan politik itu harusnya sudah selesai, tapi sampai saat ini masih ada upaya untuk membuat kerusuhan suasana," tegas Moeldoko kepada wartawan di kantornya, Rabu (22/5).

Moeldoko yakin demo depan Gedung Bawaslu yang berujung ricuh adalah bentuk kesengajaan dibuat kelompok tertentu.

"Ini jelas-jelas upaya untuk melakukan kerusuhan, karena upaya hukum telah dijalani yang berkepentingan yakni 02. Tapi ada kelompok lain yang menginginkan upaya lain jadi keruh. Ini dua hal yang berbeda," tegasnya.

Kembali ia menegaskan ada kelompok tertentu yang ingin mendompleng aksi demo tersebut.

"Mari kita sikapi ini dengan bijak, tertib, tidak melibatkan diri di dalamnya, tidak memprovokasi," tuturnya.

Lalu, siapa yang bertanggungjawab atas kerusuhan di atas?

"Ini sedang kami dalami rapat Menkopolhukam semalam, sedang kita sisir ini, kita akan petakan sebaik-baiknya agar ada gambaran yang jelas, dimana overlap-nya, dimana yang bisa memisahkan," kata Moeldoko

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isuzu Tak Kunjung Tentukan Nasib Panther

Posted: 21 May 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sempat berjaya di era 90-an, nyatanya Isuzu Panther tak lagi bisa menunjukkan taringnya saat ini. Telah cukup lama tak mengalami perubahan, mobil yang terkenal dengan julukan 'rajanya diesel' ini hanya terjual sekitar 100 an unit setiap bulannya.

Hal itu dinilai wajar, sebab Panther harus bersaing dengan berbagai mobil bermesin diesel yang kini banyak bermunculan dan memiliki desain, teknologi, hingga fitur terbaru dan bandel.

Tak hanya itu, nasib Pather saat ini juga berada di ujung tanduk karena kebijakan terkait Euro4 untuk mesin diesel akan mulai berlaku di tahun 2021 mendatang.

"Soal Euro4 hari ini dilihat engine kecil engga ada (Isuzu). Jadi mari kita lihat momentum tahun 2021, apakah dia masuk Euro4 atau enggak. Jangan disebut disuntik mati, karena masanya enggak bisa masuk era baru," kata Attias Asril, GM Marketing Division Isuzu Indonesia di Jakarta.

Meski enggan menyebut Panther akan disuntik mati tahun 2021, Asril nyatanya masih belum bisa menentukan bagaimana nasib Panther setelah peraturan Euro4 untuk mesin diesel ditetapkan.

Emisi Euro4

"Kita lihat nanti. Kalau emisinya bisa Euro4, akan tetep jalan. Pokoknya dicari kemungkinannya. Tapi memang mesin baru sampai hari ini belum ketemu," ujarnya

Selain itu, Asril mengakui saat ini Isuzu tengah fokus terhadap pasar komersial, dan mesin yang digunakan tak bisa disematkan pada Panther.

"Memang Isuzu sendiri fokus ke komersial, untuk engine komersial dengan tenaga besar engga mungkin digunakan Panther. Prinsipal fokus ke komersial kecuali kita bikin engine sendiri (untuk Panther)," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes Korsel: Selamat dari Presiden Moon Jae-in Atas Kemenangan Jokowi

Posted: 21 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Korea Selatan menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Moon Jae-in atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai presiden RI untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Berdasarkan rekapitulasi suara pilpres yang selesai pada Senin 20 Mei 2019 malam, dan diumumkan oleh KPU pada Selasa dini hari, pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dinyatakan unggul dari rivalnya, Prabowo-Sandi.

Merespons kemenangan Jokowi - Ma'ruf dalam sebuah unggahan di Twitter (22/5/2019), Dubes Kim Chang-beom mengatakan, "Selamat dari Presiden Moon Jae-in @moonriver365 kepada Presiden Jokowi @jokowi atas kembali terpilihnya sebagai Presiden Indonesia."

"Beliau (Moon) berharap kerjasama yang semakin luas dan dalam antara RI dan Korea Selatan," lanjut Dubes Kim.

Jokowi - Ma'ruf meraih 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Sementara, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno meraih 68.650.239 atau 44,50 persen dari total suara sah nasional.

KPU menyebut, jumlah suara nasional Pilpres 2019 sebanyak 154.257.601.

Menteri Inggris Ucapkan Selamat

Ilustrasi (iStock)

Menteri Luar Negeri Inggris untuk urusan Asia dan Pasifik, Mark Field juga mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai presiden RI untuk masa jabatan kedua 2019-2024.

Dalam sebuah unggahan di Twitter (22/5/2019), Menteri Mark Field mengatakan, "Selamat Presiden @Jokowi atas kembali terpilihnya Anda. Sangat menanti untuk membangun persahabatan yang luar biasa dan memperkuat hubungan kita selama 70 tahun hubungan diplomatik. #UKRI70."

PM India Ucapkan Selamat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PM India, Narendra Modi bermain layang-layang di halaman Monas, Jakarta, Rabu (30/5). Keduanya melakukan perayaan 70 tahun hubungan bilateral secara simbolik dengan saling membawa layangan. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Perdana Menteri India Narendra Modi juga mengucapkan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih pada Selasa (21/5/2019).

Dalam sebuah unggahan di Twitter, PM Modi mengatakan, "Selamat kepada @jokowi atas kembali terpilihnya Anda! Sebagai dua negara demokrasi terbesar dunia, kita merasa bangga atas kesuksesan perayaan demokrasi. Kami mengharapkan Anda dan warga Indonesia meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda yang dinamis."

"Saat bangsa kita merayakan tujuh dekade hubungan diplomatik, saya ingin bekerjasama erat dengan Anda untuk memperdalam hubungan bilateral Kemitraan Strategis Komprehensif," lanjut Modi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditemui Sonia Fergina, Tangis Miss Universe Australia 2018 Pecah

Posted: 21 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi Miss Universe 2018 sudah selesai, tapi bukan berarti hubungan persahabatan Sonia Fergina dan Francesca Hung usai. Putri Indonesia 2018 itu baru-baru ini melepas kangen dengan Miss Universe Australia 2018 tersebut saat singgah di Bali.

Pertemuan perdana setelah keduanya berpisah di Bangkok, Thailand, membuat Fransesca menangis terharu. Hal itu terlihat dalam video yang diunggah melalui akun Instagram Sonia maupun Francesca pada 17 Mei 2019.

"Apa kabar? Terima kasih sudah menemuiku," ucap Fransesca sambil menahan tangis.

Sonia yang datang ditemani Wilda Situngkir, Putri Indonesia Pariwisata 2018, langsung menenangkan Francesca dengan pelukan. Ia pun mengusap lembut punggung sahabatnya sambil menanyakan balik kabar perempuan asal Sydney tersebut.

Sebuah tas kertas yang berisi buah tangan segera diserahkan Sonia kepada Francesca. Sementara, perempuan berdarah Tiongkok itu sibuk mengusap air mata yang terus jatuh.

Pertemuan Emosional

Pertemuan di Bali antara Sonia Fergina dan Miss Universe Australia 2018 adalah yang pertama setelah mereka pulang dari ajang Miss Universe. (dok. Instagram @soniafergina/https://www.instagram.com/p/Bxj0hviHEFQ/Dinny Mutiah)

Francesca dan Sonia menjalin keakraban selama masa karantina Miss Universe 2018. Bahkan, kedekatan keduanya terlihat saat mereka sama-sama dipanggil sebagai salah satu dari 20 finalis terbaik di ajang kecantikan tersebut.

Tak heran bila persahabatan mereka meninggalkan kesan mendalam. "Safe to say I was overcome with emotion when I finally got to see my beautiful sister @soniafergina. (Aman untuk mengatakan aku berhasil mengatasi dengan emosi saat aku akhirnya bertemu dengan saudari cantikku @soniafergina)," tulis Franscesca dalam akun Instagramnya.

Pertemuan keduanya itu segera menarik perhatian Sarah Rose Summer, Miss Amerika Serikat 2018. Ketiganya seringkali menghabiskan waktu bersama saat masa karantina dulu.

"Yay!!!! Hug each other for me. So so glad you two have this time. ps priceless video. (Yay! peluk kalian untukku. Aku sangat senang melihat kalian berdua. NB: video yang tak ternilai)," tulis Sarah saat mengomentari pertemuan kedua sahabatnya itu.

Francesca datang ke Bali tak sekadar liburan. Ia menemani para finalis Miss Universe Australia 2019 untuk sesi foto dan trip di kawasan Manggis, Bali. Lewat beberapa unggahan, ia tampak menjalani sesi pemotretan bersama para finalis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ikuti Perkembangan Berita Situasi Jakarta 22 Mei Hari Ini di Liputan6.com

Posted: 21 May 2019 09:01 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah orang yang tak terima dengan hasil Pemilu 2019 yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali melakukan demonstrasi pada hari ini, Rabu (22/5/2019). Untuk memantau perkembangan berita terkait situasi Jakarta, silakan klik tautan ini

Ada dua titik yang akan jadi sasaran demonstran. Massa akan menyampaikan aspirasinya di Kantor KPU Jalan Imam Bonjol dan Gedung Bawaslu Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Untuk mengamankan jalannya aksi, polisi mengerahkan sekitar 50 ribu personel gabungan TNI-Polri. Selain itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga telah melakukan pengalihan arus lalu lintas atau rekayasa di sekitar Gedung KPU Jakarta Pusat.

Rekayasa lalu lintas ini berlaku pada Selasa 21 Mei hingga Rabu 22 Mei. Namun, tak menutup kemungkinan akan diperpanjang apabila aksi unjuk rasa berlangsung lama.

Ikuti perkembangan berita seputar aksi 22 Mei dan kondisi keamanan Jakarta di liputan6.com pada tautan ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambah Daya Listrik, PLN Beri Diskon 100 Persen untuk Rumah Ibadah

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur (Jatim)  meluncurkan Promo Gemerlap Lebaran 2019, untuk menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H. 

Manager Strategi Pemasaran PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim, Tegar Hasadi mengatakan, promo ini berupa diskon Biaya Penyambungan (BP) tambah daya listrik sebesar 50 persen untuk pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (VA), hingga 197 kilo Volt Ampere (kVA) dengan maksimum potongan Rp 10 juta.

"Khusus untuk rumah ibadah, PLN memberikan potongan 100 persen atau bebas biaya. Potongan 100 persen berlaku untuk semua rumah ibadah, bukan hanya Masjid, bisa Gereja dan rumah ibadah lainnya," tutur Tegar di Surabaya, seperti ditulis Rabu (22/5/2019).

Selain memberikan potongan biaya penyambungan tambah daya, PLN juga menggratiskan biaya Jaminan Pelanggan yang merupakan jaminan atas pemakaian daya dan tenaga listrik selama menjadi pelanggan PLN.

Pelanggan bisa mendapatkan tambahan daya listrik dengan cepat karena proses tambah daya pada promo ini dapat dinikmati pelanggan maksimal 24 jam, terhitung setelah pelanggan melakukan pembayaran jika pelanggan tidak mengajukan migrasi kWh meter paskabayar menjadi prabayar ataupun sebaliknya.

"Proses penambahan daya bisa dilakukan kurang dari 24 jam, apabila jaringan PLN ke rumah pelanggan sudah tersedia. Jika belum tersedia, akan memerlukan waktu lebih dari 1 hari," kata dia.

Normalnya untuk tambah daya dari 900 VA ke 1.300 VA dikenakan biaya tambah daya sejumlah Rp 374.800, dengan Promo Gemerlap Lebaran 2019 ini, pelanggan cukup membayar Rp 187.400 saja.

"Promo Gemerlap Lebaran 2019 akan berlaku sampai dengan 31 Juni 2019," imbuhnya.

Untuk mendapatkan kesempatan ini, pelanggan dapat mengajukan permohonan penyambungan tambah daya ke kantor layanan PLN terdekat atau mendaftar ke Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123 dan website www.pln.co.id. Pelanggan juga bisa mendaftar melalui Aplikasi PLN Mobile.

PLN Disjaya Sediakan Listrik Ramah Lingkungan untuk Jakarta Fair

Dalam Promo Gemerlap Lebaran 2017, PLN memberikan potongan biaya penyambungan tambah daya listrik.

Sebelumnya, PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menyediakan sumber pasokan listrik ramah lingkungan, untuk Jakarta Fair Kemayoran 2019 akan dilaksanakan dari 22 Mei 2019 – 30 Juni 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad, mengatakan, seluruh pasokan listrik untuk kebutuhan event tersebut bersumber dari energi ramah lingkungan, dari Power Bank PLN dengan total daya yang disiapkan yaitu 2500 kVA.

"Pada tahun sebelumnya, listrik untuk acara Jakarta Fair menggunakan captive power dari generator set yang tentu saja menimbulkan polusi suara dan udara di lokasi," kata Ikhsan, di Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

Dia menjelaskan, penggunaan power bank PLN lebih ramah lingkungan tanpa polusi suara dan udara serta lebih efisien. Selain power bank, PLN juga menyiapkan Uninterruptible Power Supply (UPS) daya 400 kVA untuk memperkuat sistem kelistrikan selama acara berlangsung.

Petugas PLN juga bersiaga di lokasi selama event berlangsung dari 22 Mei sampai 30 Juni 2019 untuk memastikan peralatan dan jaringan bekerja dengan optimal.

"PLN memastikan suplai listrik untuk event Jakarta Fair 2019 ini andal, karena di-supply dari dua sumber dengan mekanisme switch antar supply bila terjadi gangguan. Power Bank dan UPS menghasilkan kualitas tegangan listrik yang stabil, sangat cocok untuk mem-backup lighting dan sound system," papar Ikhsan.

Assistant General Manager Operation 1 JIExpo Hari Ruscahyo mengukapkan, mulai tahun ini untuk gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2019 menggunakan listrik dari PLN. Kebutuhan itu untuk seluruh hall pameran, panggung, dan sound system panggung pertunjukan.

"Masalahnya kalo pakai captive power jadi sibuk ngurus BBM. Tahun ini kita coba pakai PLN. Selain andal juga ramah lingkungan," tandasnya.

 

Begini Cara PLN Bangun Sektor Kelistrikan

Progress sebaran pembangkit listrik dan jaringan tranmisi yang telah dibangun PT. PLN demi program 35.000 MW untuk Indonesia.

Sebelumnya, dalam Pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia, pemerintah dan PT PLN (Persero) memiliki acuan yang tertuang dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) untuk sepuluh tahun mendatang.

Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah mengatakan, RUPTL disusun untuk memenuhi kebutuhan listrik sepuluh tahun yang akan datang di wilayah usaha PLN. Dalam RUPTL  juga mempertimbangkan jenis energi primer yang akan digunakan seperti energi baru dan terbarukan, gas, batu bara serta minyak.

"Selain itu juga mempertimbangkan dana yang akan dibutuhkan agar lebih ekonomis guna menghasilkan daya listrik yang cukup, handal dan energi primer dimanfaatkan dan dipilih tersedia secara kontinyu, berorientasi pada pengelolaan lingkungan hidup yang bersih sehingga dapat terhindar dari ketidakefisienan sejak tahap perencanaan," kata Dwi, di Jakarta, pada Sabtu 27 April 2019. 

Proyeksi kebutuhan tenaga listrik dapat dihitung melalui dua jenis pendekatan, yaitu melalui pertumbuhan penduduk yang fokusnya pembangunan jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan, dan melalui pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Kebijakan ketenagalistrikan merujuk pada beberapa aspek, yaitu tentang ekonomi makro, rasio elektrifikasi, pertumbuhan penduduk, dan focus group discussion (FGD) dengan Kementerian Lembaga terkait, Pemerintah Provinsi dan badan usaha, serta Dewan Energi Nasional (DEN).

Mengenai ekonomi makro, pertumbuhan ekonomi mengacu kepada APBN, sedangkan tahun Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) mengacu kepada visi ekonomi Indonesia dari Bappenas, sedangkan pembuatan RUKN merupakan amanat dari Kebijakan Energi Nasional (KEN).

"Salah satu poin dalam penyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN) adalah Pemerintah Daerah diminta untuk membuat perencanaan pembangkit listrik sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Tepat Mengolah Makanan untuk Penderita Asam Lambung Selama Puasa

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi penderita asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease/GERD), ada cara mengolah makanan yang tepat selama puasa Ramadan. GERD, penyakit yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa terjadi saat puasa, terutama jika tidak diikuti pola makan dan gaya hidup sehat.

"Ramadan merupakan bulan yang sangat penting bagi umat Muslim di Indonesia. Orang yang berpuasa membutuhkan pola makan seimbang dengan nutrisi yang tepat, terlebih jika mereka memiliki masalah asam lambung," ujar Head of Personal Health Philips Indonesia, Yongky Sentosa dalam keterangan yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Rabu (22/5/2019).

Oleh karena itu, makanan yang disarankan untuk penderita asam lambung yaitu makanan yang mudah dicerna, tidak mengandung gas, dan lemak yang tinggi.

"Pengolahan makanan diutamakan dengan cara direbus, dikukus, ditumis, dan menggunakan santan encer," ujar ahli gizi sekaligus Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Rita Ramayulis.

Yang perlu diperhatikan, makanan yang dikonsumsi penderita asam lambung harus mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga tidak merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  

Aturan makan yang tepat

Aturan makan yang tepat. (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Pembagian makanan untuk penderita asam lambung adalah porsi kecil dan tidak boleh mengonsumsi makanan sekaligus dalam jumlah besar. Selama berpuasa, konsumsi makanan dibagi menjadi empat kali waktu makan, yaitu sahur, berbuka, makan malam, dan camilan malam. 

"Berbagai penelitian menjelaskan, berpuasa dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Penderita GERD yang berpuasa dapat menurunkan gejala GERD mereka. Itu pun selama dilakukan dengan benar dan tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Berpuasa dengan cara-cara yang benar akan membantu mengatasi GERD," tambah Rita. 

Jenis makanan tertentu dapat meningkatkan jumlah asam dalam lambung sehingga menimbulkan gangguan lambung. Ada beberapa kategori makanan yang dapat dihindari untuk mencegah kambuhnya penyakit.

"Contohnya, makanan yang mengandung gas, kadar gula tinggi, dan makanan pedas harus dihindari karena dapat meningkatkan jumlah gas dan asam. Makanan yang tinggi serat, lemak, dan makanan yang sulit dicerna juga harus dikurangi karena dapat membuat kerja lambung lebih berat," lanjut Rita.

Gejala GERD

Gejala GERD berupa sensasi terbakar atau nyeri pada bagian atas perut atau dada yang disebut juga dengan heartburn. Gejala lain yang mungkin muncul yakni mual, kembung, sakit saat menelan, mulut terasa asam, dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Menurut Rita, faktor utama yang menjadi risiko penyakit GERD adalah pola makan, manajemen stres, dan pola tidur yang tidak tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Masjid Terbesar di Asia Tenggara, Ada dari Indonesia

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masjid merupakan tempat ibadah bagi para umat muslim. Ada begitu banyak masjid di Indonesia yang memiliki bangunan sangat luas. Beberapa di antaranya bahkan masuk ke dalam deretan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Seperti masjid Istiqlal, masjid Agung Surabaya, masjid Agung Baiturrahman dan masjid Islamic Center Samarinda. Selain itu masih ada masjid lain di luar Indonesia yang menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara seperti masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah (Masjid Agung Cotabato) di Filipina, masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin, dan masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz di Malaysia.

Artikel tentang 7 masjid yang memiliki ukuran terbesar di Asia Tenggara menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan 6 zodiak yang dikatakan selalu ingin menjadi pusat perhatian.

Sementara artikel ketiga terpopuler tentang video para remaja yang bangunkan warga sahur dengan menggunakan lagu Korea.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Masjid Terbesar di Asia Tenggara, 4 di Antaranya dari Indonesia

Sumber: www.indonesia.travel

Masjid memang menjadi tempat di mana para umat muslim melangsungkan ibadah. Selain menjadi tempat ibadah, masjid juga sering kali dijadikan sebagai tempat berkumpul, bertukar informasi, berlindung, dan lain sebagainya.

Saat bulan Ramadan, masjid sering kali menjadi tempat dilaksanakannya acara pesantren kilat (sanlat). Acara ini bertujuan untuk mendidik dan memberi pelajaran pada siswa sekolah mengenai ajaran agama Islam.

Selengkapnya…

2. 6 Zodiak Ini Banyak Omong dan Suka Jadi Pusat Perhatian

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada orang-orang yang memang suka berbicara dan tak peduli omongan mereka didengarkan atau tidak. Bagi mereka, yang penting menyuarakan apa yang ada di kepala mereka. Perkara menjadi pusat perhatian atau tidak, itu perkara lain.

Melansir dari Yourtango.com, 6 zodiak ini banyak berbicara dan suka menjadi pusat perhatian.

Selengkapnya…

3. Viral, Remaja Bangunkan Sahur Pakai Lagu Korea

Sumber: twitter.com/bagasdc3

Saat Ramadan, bangun untuk melakukan sahur memang sangat sulit untuk dilakukan. Tak heran banyak orang yang melewatkan waktu sahur karena merasa terlalu sulit bangun atau terlalu mengantuk.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya di daerah rumah warga, ada sekumpulan remaja yang bertugas membangunkan sahur. Mereka akan berkeliling membawa beberapa benda yang dijadikan sebagai alat musik.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Italia: Momentum Valentino Rossi

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Balapan MotoGP Italia bakal berlangsung pada 2 Juni 2019. Boleh dikatakan, Sirkuit Mugello, tempat berlangsungnya MotoGP Italia ini merupakan kandang dari Valentino Rossi, pembalap tuan rumah.

Pembalap Monster Energy Yamaha itu merupakan raja MotoGP Italia. Rossi telah mencatatkan tujuh kemenangan di Sirkuit Mugello. Pada tahun lalu, dia finis di posisi ketiga.

Tak hanya itu, pembalap berusia 40 tahun tersebut juga sudah meraih tujuh pole position. Belum ada rider yang mampu mendekati catatannya tersebut.

Rossi juga tercatat sebagai pembalap dengan catatan waktu tercepat di Sirkuit Mugello. Dia mampu melahap satu lap di sana dengan catatan waktu 1 menit 46.208 detik pada 2018, saat meraih pole.

Lihat jadwal MotoGP Italia selengkapnya di halaman berikut.

Jadwal MotoGP Italia

Para pembalap saat start di MotoGP Italia. (AFP/Vicenzo Pinto)

Jumat, 31 Mei 2019

14.55 - 15.40 WIB: Sesi latihan bebas pertama

19.10 - 19.55 WIB: Sesi latihan bebas kedua

Sabtu, 1 Juni 2019

14.55 - 15.40 WIB: Sesi latihan bebas ketiga

18.30 - 19.00 WIB: Sesi latihan bebas keempat

18.10 - 19.50 WIB: Sesi kualifikasi

 

Balapan

Minggu, 2 Juni 2019

14.40 - 15.00 WIB: Sesi pemanasan

19.00 WIB: Balapan (live di Trans 7)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Gagal ke DPRD, 2 Caleg Kendari Berlebaran di Penjara

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Dua orang calon legislatif atau caleg asal Sulawesi Tenggara, Sulkhani dan Riki Fajar, resmi ditahan Kejaksaan Negeri Kendari, Senin (20/5/2019). Keduanya merupakan terpidana kasus pelanggaran pemilu 2019 terkait sosialisasi kepada sejumlah PNS saat masa kampanye.

Padahal, Sulkhani merupakan caleg asal salah satu partai yang meraih suara terbanyak di Kota Kendari untuk posisi DPRD Propinsi Sultra. Sedangkan Riki Fajar, caleg DPRD Kota Kendari yang lolos usai merebut suara terbanyak di dapilnya.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Kendari, Nanang Ibrahim mengatakan keduanya akan menjalani penahanan selama 2 bulan. Terhitung sejak dieksekusi oleh Kejari Kendari, Senin, 20 Mei 2019.

Dia melanjutkan, keduanya menjalani tahanan setelah membayar denda. Denda yang diselesaikan sebesar Rp 5 juta per orang.

"Jadi, empat bulannya sudah mereka selesaikan dengan denda," katanya.

Saat hendak dibawa ke Lapas Kelas IIa Kendari sekitar pukul 15.00 Wita, caleg Sulkhani dan Riki Fajar sempat menghindari pewarta. Tidak sampai setengah menit, keduanya berjalan dari ruangan penyidik ke mobil dengan tenang.

Saat awak media berusaha mengambil gambar, petugas Kejari Kendari sempat menghalangi sorotan kamera wartawan. Petugas dari Kejari Kendari juga langsung menaikkan kaca mobil yang membawa kedua terpidana menuju Lapas.

"Mereka akan berlebaran di penjara," kata Nanang Ibrahim.

Terciduk Kampanye kepada PNS

Kehidupan napi di penjara seperti alam liar

Sulkhani dan Riki Fajar sebelumnya terciduk kampanye oleh sejumlah pesepak takraw, Sabtu (2/3/2019). Saat itu, keduanya tengah duduk di dalam ruang tamu di rumah salah seorang camat.

Warga yang curiga dengan sikap keduanya, langsung menyerobot masuk ke dalam rumah. Saat sampai di ruang tamu, warga menemukan stiker bergambar foto Sulkhani dan Riki Fajar dan data nama-nama warga di wilayah itu.

Warga yang geram karena aksi kampanye keduanya melibatkan ASN, langsung melaporkan kejadian ini ke Bawaslu Kota Kendari. Beberapa minggu kemudian, kasus ini ditangani di Gakkumdu Polres Kota Kendari.

"Mereka didapati ada di rumah salah seorang warga, ditemani camat setempat. Kami sudah dapat data dan laporannya dari warga yang mendapati mereka," ujar Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin, Senin (4/3/2019).

Sahinuddin melanjutkan, video yang beredar saat penggerebekan membuat pihak Bawaslu langsung mengambil langkah tegas. Bawaslu langsung meminta Panwascam dan Pihak Kepolisian untuk menyelesaikan kasus ini.

"Sejauh ini kami sudah melakukan sejumlah proses, kami berharap terlapor bisa diproses maksimal sesuai dengan perbuatannya," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini Jual Mukena dengan Lapisan Emas, Tertarik?

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini tak mau ketinggalan memanfaatkan momen dalam menyambut Lebaran. Di akhir Ramadan seperti saat ini, masyarakat mulai disibukkan dengan aktivitas mempersiapkan diri menghadapi Hari Raya.

Hal tersebut melecut ide Syahrini untuk mempromosikan busana muslim miliknya. Melalui brand Fatimah Syahrini Scarf, istri Reino Barack melempar sejumlah model busana yang bisa digunakan masyarakat untuk berlebaran.

Produk yang ditawarkan Syahrini meliputi busana muslim, scarf dan asesoris ibadah. Yang menarik, ada asesoris ibadah bagi perempuan seperti mukena yang dirancang Syahrini secara khusus.

Selain memadukan warna dan bahan yang enak dipakai, tampilan mukena yang dipasarkan Syahrini juga menarik mata kaum Hawa yang melihatnya. 

 

 

Emas 24 Karat

Pin berinisial SYR yang berlapis emas 24 karat di mukena yang dijual Syahrini (Instagram Stories)

Pada mukena yang dipasarkan Syahrini terdapat pin bertuliskan inisial namanya, SYR. Namun, bukan Syahrini jika tak memberikan efek cetar pada produk yang dipasarkannya.

Sebab, pin nama SYR yang membalut mukena yang dijualnya, dibalut emas sebesar 24 karat. Melalui Instagram Stories, Syahrini membenarkan keaslian emas tersebut.

"Pin SYR di mukena Incesss berlapiskan emas 24 karat," tulis Syahrini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Menu Ini Menjadi Andalan Ega Noviantika Saat Berbuka

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah jadwalnya yang padat, penyanyi dangdut Ega Noviantika tetap menyempatkan diri membeli menu favoritnya untuk berbuka puasa. Ia mengaku tak ada menu wajib dan spesial untuk berbuka puasa di rumah atau kontrakan. Meski demikian, es pisang ijo dan gorengan menjadi menu favorit Ega saat berbuka.

"Kalau makanan wajib sih enggak terlalu ada, masih kaya biasa. Tapi Ega tuh suka banget nyemil gorengan sama es pisang ijo kalau masuk waktu berbuka," ujar Ega Noviantika, seperti dilansir dari Kapanlagi.com.

Memasuki bulan Ramadan, penyanyi jebolan Dangdut Academy 2 ini disibukkan dengan jadwal syuting dan studinya di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Ia mengaku Ramadan tahun ini sedikit keteteran dalam mengatur jadwal karena belum libur kuliah.

"Bulan Ramadan ini jadwal Ega padat banget. Mulai dari syuting manggung off air dan on air, sampai tapping program televisi," ujarnya.

Di waktu senggang, Ega juga menyempatkan diri mengedit video untuk konten YouTube, mencari ulasan mengenai usaha katalognya di Instagram, serta mengerjakan tugas-tugas kuliah. Ega menambahkan, ia ingin mendapatkan nilai bagus agar cepat lulus dengan nilai yang memuaskan.

Gadis cantik asal Kuningan ini mengaku lebih memprioritaskan pendidikan dibanding kariernya. Sejak kecil, Ega bermimpi untuk menjadi seorang guru.

"Kalau disuruh milih sih, Ega engga bisa memilih. Karena menurut Ega, keduanya sangat penting untuk masa depan Ega sendiri. Ega juga nyaman menjalani meskipun keduanya berjalan bersamaan," ucap Ega.

Ega pun berharap dapat menjalankan semua kegiatannya yang tertunda setelah lulus kuliah. Ia juga berharap dapat mewujudkan rencana-rencana yang saat ini belum terwujud.

 

Penulis : Firda Khairunnisa

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Waspada, Hati Sapi Kedaluwarsa Beredar Jelang Lebaran

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Petugas melakukan sidak di sejumlah pasar untuk melihat kondisi bahan pokok jelang Lebaram 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Divisi Baru Sony Bakal Adaptasi Kisah Gim ke Film

Posted: 21 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sony Interactive Entertainment baru saja mengumumkan pembentukan divisi baru yang diberi nama PlayStation Production. Divisi anyar ini bertugas untuk mengangkat kisah gim ke dalam adaptasi film atau serial TV.

Dikutip dari Polygon, Rabu (22/5/2019), divisi anyar ini akan dipimpin oleh Asad Qizilbash, seorang veteran Sony yang sudah bekerja dalam perusahaan itu selama 11 tahun.

Divisi juga akan dipantau oleh chairman SIE Worlwide Studios, Shawn Layden.

Nantinya, perusahaan ini akan secara mandiri memproduksi dan mengembangkan film termasuk serial TV.

Dengan kata lain, PlayStation tidak akan memberikan lisensi properti intelektualnya ke studio eksternal.

Sementara itu, Sony Pictures Studios akan menangani distribusi dari film maupun serial TV yang diproduksi PlayStation Productions.

Adapun untuk saat ini, Qizilbash menuturkan masih mencari media yang tepat termasuk tim kreatif untuk proyek-proyeknya.

PlayStation Production sendiri mengatakan pihaknya sudah memiliki lebih dari 100 judul gim yang dapat diadaptasi. Namun, belum diungkap judul-judul gim yang akan dipilih menjadi film atau serial TV.

Dalam keterangannya, Layden mengatakan keputusan untuk membentuk divisi ini terinspirasi dari Marvel.

Seperti diketahui, Marvel membentuk Marvel Studios untuk membantu mengadaptasi kisah komik menjadi film dan hasilnya positif.

Sony sebenarnya sudah memiliki beberapa proyek terkait adaptasi film dari gim, tapi memang tidak terlalu besar. Salah satunya adalah film animasi Ratchet & Clank yang rilis pada 2016.

Tidak hanya itu, sebenarnya ada judul lain yang juga beberapa kali dikabarkan akan diadaptasi menjadi film yakni Uncharted. Akan tetapi, hingga sekarang belum ada informasi resmi mengenai proyek tersebut.

Sony Pastikan Tidak Akan Rilis PS5 hingga 2020

Harga PS4 Pro? (Doc: Engadget)

Beberapa waktu lalu, Sony memastikan sedang mengembangkan generasi PlayStation terbaru yang besar kemungkinan akan diberi nama PlayStation 5 (PS5).

Namun hingga saat ini, perusahaan belum mengumumkan kapan konsol tersebut akan dirilis ke publik.

Terbaru, indikasi mengenai jadwal rilis PS5 tersebut sedikit terungkap. Informasi ini diketahui dari laporan keuangan akhir tahun yang diumumkan beberapa hari lalu.

Dikutip dari Fortune, Senin (28/4/2019), dalam laporan itu Sony menyebut pihaknya tidak akan merilis konsol anyar selama tahun fiskal 2019.

Dengan kata lain, konsol anyar yang dirilis Sony paling cepat akan meluncur pada April 2020.

Namun, Sony sendiri tidak mengungkap lebih jelas rencana tersebut, sehingga tidak tertutup kemungkinan peluncuran konsol generasi selanjutnya dapat lebih lama dari yang diungkapkan saat ini.

Sebelumnya, Sony juga akhirnya menyibak tabir misteri yang menyelubungi konsol PS5. Hal itu diungkap oleh Mark Cerny, kepala arsitek konsol baru Sony tersebut.

Menurutnya, konsol PS5 akan memiliki peningkatan yang luar biasa dalam hal kecepatan prosesor, kualitas grafis, dan audio.

Dikembangkan Sejak 5 Tahun Lalu

Penampakan konsol PS4 Pro edisi khusus. (Doc: PlayStation)

Sekadar informasi, ini merupakan kali pertama Sony angkat bicara di ranah publik tentang penerus konsol PS4.

Dikutip dari Wired via Gamesradar, PS5 akan kompatibel dengan judul gim PS4 dan masih mengusung disk drive--beda dengan Microsoft yang memutuskan tak pakai disk drive untuk konsol barunya.

Dari sesi wawancara tersebut, terungkap juga ternyata perusahaan asal Jepang ini sudah mengembangkan PS5 lebih dari empat tahun.

Cerny juga mengatakan, sejumlah studio gim kenamaan di dunia saat ini sudah mengerjakan judul gim yang bakal dirilis bersamaan atau usai konsol terbaru Sony itu meluncur di pasaran.

Ini berarti, pengembang bakal meluncurkan dua judul gim yang sama untuk konsol PS4 dan PS5

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Faktor Ini Bikin Rupiah Kembali Tembus 14.500 per dolar AS

Posted: 21 May 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali melemah pada perdagagan Rabu pekan ini. Sentimen internal dan eksternal terutama perang dagang antara AS-China masih bayangi pergerakan rupiah.

Mengutip data Bloomberg, rupiah kini berada di posisi 14.512 per dolar AS. Pada pembukaan perdagangan, rupiah dibuka melemah tipis 8 poin ke posisi 14.488 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin di kisaran 14.480 per dolar AS. Pada Rabu siang ini, rupiah berada di kisaran 14.488-14.512 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah merosot 0,17 persen atau 26 poin ke posisi 14.488 per dolar AS pada 22 Mei 2019 dari posisi 21 Mei 2019 di kisaran 14.462 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan pergerakan rupiah cenderung melemah terhadap dolar AS sejak ketegangan perang dagang AS-China meningkat pada 10 Mei 2019.

Selain itu, meski bursa AS bervariasi pada perdagangan Selasa waktu setempat, indeks dolar AS menguat.

Josua menuturkan, dolar AS menguat ini dipicu pernyataan pimpinan bank sentral AS atau the Federal Reserve Jerome Powell yang menyatakan peluang memangkas suku bunga acuan kecil pada 2019.

Selain itu, menurut Josua, pelaku pasar juga wait and see untuk pengumuman notulensi rapat bank sentral AS dan perkembangan perang dagang.

Dari sentimen internal, Josua menilai pelaku pasar merespons langkah calon pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang menggugat hasil rekapitulasi pemilu 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu memberikan sedikit ketidakpastian.

"Akan tetapi berkaca pada 2014, gugatan ke MK ditolak. Keputusan KPU itu final," ujar Josua.

Selain itu, kondisi keamanan dengan ada aksi 22 Mei 2019 diharapkan terkendali. "Bagaimana kondisi keamanan terkendali sehingga tidak beri kepanikan yang berlanjut," kata dia.

Josua menambahkan, tekanan terhadap rupiah juga didorong permintaan dolar AS yang besar tapi suplasi terbatas. Permintaan dolar AS ini untuk pembayaran dividen dan utang luar negeri. Josua perkirakan, rupiah belum dapat menguat signifikan dalam waktu dekat.

Pada Rabu pekan ini, ia prediksi rupiah berada di kisaran 14.075-14.535 per dolar AS.

Prediksi Rupiah

Teller tengah menghitung mata uang rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, aksi massa 22 Mei diperkirakan akan membuat nilai tukar rupiahterhadap dolar Amerika Serikat (AS) terdepresiasi atau melemah dalam. Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Insitute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira.

Bhima menyebutkan, rupiah akan kembali mengalami koreksi. Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir, nilai tukar rupiah terus mengalami tekanan yang cukup besar.

"Rupiah diperkirakan kembali alami koreksi ke 14.500 per dolar AS hingga 14.600 per dolar AS paska 22 Mei," kata dia saat dihubungi Merdeka.com, Selasa, 21 Mei 2019.

Menurutnya, ada beberapa hal mendasar yang membedakan kondisi pasca pemilu di tahun ini dengan pemilu pada 2014 silam.

"Kondisi saat ini berbeda dari 2014 dimana optimisme pelaku pasar pasca pemilu cukup tinggi. Ada harapan pemerintah di bawah Jokowi bisa mendorong ekonomi hingga tumbuh 7 persen," ujarnya.

Akan tetapi, menurutnya saat ini investor tidak cukup optimistis jika dibandingkan dengan lima tahun lalu sehingga Jokowi Effect tidak lagi terjadi pada pemilu tahun ini.

Hal ini disebabkan tidak tercapainya angka pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan sejak awal pemerintahan yaitu pada angka 7 persen.

"Tapi sekarang ekspektasinya tidak setinggi itu karena melihat tren 5 tahun terakhir ekonomi hanya mampu tumbuh 5 persen. Jokowi effect berkurang di mata investor," tutup dia.

 

 

 

IHSG Melemah Terbatas di Awal Sesi Perdagangan

Suasana di salah satu ruangan di kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Sebelumnya, Perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) 2017 ditutup pada level 6.355,65 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) belum mampu bertahan lama di zona hijau. Pada awal sesi perdagangan, laju IHSG bergerak di zona merah.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Rabu (22/5/2019), IHSG melemah tipis 2,98 poin atau 0,05 persen ke posisi 5.948,38. Pada pukul 09.00 waktu JATS, IHSG susut 9,26 poin atau 0,16 persen ke posisi 5.942,10. Akan tetapi, IHSG kembali turun hingga 25,39 poin.

Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 5.950,46 dan terendah 5.921,37.

Sebanyak 122 saham melemah sehingga menyeret IHSG ke zona merah. 52 saham menguat dan 128 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 16.766 kali dengan volume perdagangan 1,4 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 414,3 miliar. Investor asing melakukan aksi beli Rp 4,85 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.490.

10 sektor saham kompak tertekan. Sektor saham aneka industri turun 1,24 persen, dan bukukan penurunan terbesar. Disusul sektor saham infrastruktur tergelincir 0,79 persen dan sektor saham pertanian susu 0,78 persen.

Saham-saham yang mencatatkan penguatan di tengah IHSG melemah antara lain saham ARTA naik 24,5 persen ke posisi Rp 498 per saham, saham IBFN mendaki 24 persen ke posisi Rp 248 per saham dan saham TELE menanjak 15 persen ke posisi Rp 690 per saham.

Sedangkan saham-saham yang merosot antara lain saham POSA turun 6,53 persen ke posisi Rp 372 per saham, saham SMRU merosot 5,69 persen ke posisi Rp 116 per saham, dan saham MAPA tergelincir 3,85 persen ke posisi Rp 5.000 per saham.

Bursa saham Asia bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng naik 0,46 persen, indeks saham Jepang Nikkei mengaut 0,37 persen, indeks saham Singapura menanjak 0,32 persen dan indeks saham Taiwan naik 0,37 persen.

Sementara itu, indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,14 persen dan indeks saham Shanghai susut 0,03 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Bali United vs Bhayangkara FC: Tendangan Roket Yabes Roni

Posted: 21 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Bali United meraih kemenangan kedua secara beruntun di Shopee Liga 1 2019. Setelah membungkam Persebaya Surabaya, Bali United menang 1-0 atas Bhayangkara FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (21/5/2019).

Gol tunggal kemenangan Bali United dicetak oleh Yabes Roni pada menit ke-70. Memanfaatkan umpan Irfan Bachdim, Yabes Roni melepaskan tembakan roket ke gawang Bhayangkara FC.

Tambahan tiga poin membuat Bali United melaju ke puncak klasemen sementara dengan raihan enam poin. Adapun Bhayangkara FC harus turun ke peringkat 12.

Pada pertandingan selanjutnya, klub berjulukan Serdadu Tridatu akan menghadapi Persija Jakarta, Jumat (31/5/2019). Pertandingan itu direncanakan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi.

Lihat cuplikan video pertandingan Bali United vs Bhayangkara FC di halaman selanjutnya.

 

 

Cuplikan Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Persebaya vs Kalteng Putra di Shopee Liga 1: Bajul Ijo Tertahan

Posted: 21 May 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persebaya Surabaya gagal memetik poin penuh saat menjamu Kalteng Putra di pekan kedua Shopee Liga 1 2019, Selasa (21/5). Laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo itu berakhir imbang 1-1.

Artinya, sudah dalam dua pertandingan, Tim Bajul Ijo gagal meraih poin maksimal. Di laga pertama, mereka juga kalah 1-2 dari Bali United.

Persebaya unggul lebih dahulu lewat gol indah yang dicetak oleh Misbakus Solikin pada menit ke-23. Namun, hanya berselang tiga menit, Kalteng Putra sukses mencetak gol balasan lewat Patrich Wanggai.

Dengan hasil imbang ini, Persebaya tertahan di posisi ke-12 dalam klasemen Shopee Liga 1 2019. Dari dua pertandingan, mereka baru mengoleksi satu poin.

Berikut cuplikan video pertandingan [Persebaya](3970523 "" vs Kalteng Putra di halaman selanjutnya.

Video Persebaya vs Kalteng Putra

Saksikan video Persebaya vs Kalteng Putra

vidio:Persebaya (1) vs Kalteng Putra (1) - Full Highlight | Shopee Liga 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SKK Migas Minta Pertamina Segera Jual LNG Muara Bakau

Posted: 21 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meminta PT Pertamina (Persero), untuk segera menjual kargo gas alam cair atau Liquified Natural Gas (LNG) Muara Bakau. Ini guna menghindari risiko kelebihan muatan tangki.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher mengatakan, Kargo LNG yang di pasok dari lapangan Muara Bakau berpotensi mengalami kelebihan muatan (high inventory). Hal tersebut disebabkan oleh Pertamina sebagai pembeli yang ditunjuk meminta perubahan jadwal pengapalan kargo di Mei 2019.

"Perubahan tersebut akan berdampak terjadi potensi kelebihan stok gas karena tidak terserap (unmanageable high inventory) di Kilang Bontang pada akhir Mei 2019," kata Wisnu, di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Wisnu mengungkapkan, untuk mengantisipasi hal tersebut, SKK Migas telah berkoordinasi dengan Pertamina sebagai pihak penjual LNG dan Kilang Bontang untuk melakukan mitigasi, antara lain mendesak Pertamina untuk tetap mengambil kargo LNG Muara Bakau sesuai dengan jadwal.

Kemudian mempersiapkan hal teknis untuk menghindari kelebihan stok gas di Kilang Bontang dan mencegah terjadinya penurunan produksi gas dari Muara Bakau untuk mengerem laju Pasokan gas ke kilang Bontang.

"Hingga saat ini SKK Migas terus berupaya melakukan mitigasi dan menjaga monetisasi gas bumi dengan maksimal, guna memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pemerintah," tandasnya.

Pertamina Siagakan 200 Sepeda Motor BBM di Jalur Mudik

Pemotor mengisi BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Kamis (15/6). Mulai tanggal 18 Juni-24 Juli, harga Pertamax menjadi Rp.8000 8000 yang berlaku di SPBU bertanda khusus yang tersebar di jalur mudik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

PT Pertamina (Persero) menyiapkan 200 armada sepeda motor untuk memasok Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat. Keberadaan alat transportasi ini, merupakan upaya untuk mengantisipasi kendaraan pemudik yang kehabisan bahan bakar di tengah kemacetan.

Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, Pertamina telah menyiapkan beberapa langkah guna menjaga pasokan BBM saat musim mudik Idul Fitri 2019.  

Langkahnya, di antaranya menyiapkan 200 sepeda motor pengangkut BBM di sepanjang jalur mudik tol Trans Jawa.

"Kita punya 200 armada motor pengangkut BBM," kata Mas'ud, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Mas'ud mengungkapkan, armada motor tersebut mengangkut BBM yang dikemas dalam kaleng dengan volume 10 liter.

Armada tersebut akan dikerahkan untuk memasok BBM ke kendaraan yang kehabisan bahan bakar di tengah perjalanan, saat lalulintas dalam kondisi macet. "Seandainya ada macet yang kalengan ini yang bekerja, Kita siagakan di rest area," tuturnya.

Melihat Layanan Pertamina Siaga dari Tol Merak hingga Pejagan

SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa (Foto: Dok PT Jasa Marga Tbk)

Arus mudik dan balik Idul Fitri 2019, menjadi tahun pertama perjalanan melalui Tol Trans Jawa yang sudah tersambung dari Merak, Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Jalur sepanjang 995 kilometer tersebut menjadi jalur yang akan dilewati pemudik dengan masing-masing tujuan.

Pertamina Marketing Operation Region III, telah menyiapkan layanan Pertamina Siaga yang akan memenuhi kebutuhan BBM pemudik khususnya yang melintas tol Trans Jawa dari ruas Merak hingga Pejagan.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami menyatakan, selain SPBU eksisting, layanan Pertamina juga ditambah dengan kehadiran Kios Pertamina Siaga, Motor Kemasan, SPBU Modular, Mobil Tanki PTO (Berdispenser), SPBU Kantong (Mobile Storage) dan Rumah Pertamina Siaga.

"Kami maksimalkan layanan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pemudik sejak H-7 Lebaran yang tersedia di ruas kanan kiri jalur tol. Termasuk untuk menghadapi skenario one way (satu jalur) yang diterapkan Dirlantas Polri mulai tanggal 30 Mei hingga 2 Juni," ujar dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).

Pertamina Rogoh Rp 27,4 Triliun Garap 98 Proyek Migas

Sumur migas milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE), salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero). (Dok PHE)

 PT Pertamina (Persero) mengalokasikan USD 1,9 miliar atau setara Rp 27,4 triliun untuk menggarap 98 proyek eksplorasi dan pengembangan Hulu Migas di Indonesia pada 2019. Langkah ini diambil untuk meningkatkan produksi migas perseroan.

Komitmen investasi Pertamina di sektor Hulu menjadi agenda prioritas pelat merah tersebut di tahun ini.  Hal ini dibuktikan dengan nilai investasi sektor hulu secara keseluruhan yang mencapai sekitar USD 2,6 miliar atau sekitar 60 persen dari keseluruhan investasi Pertamina pada RKAP tahun 2019 yang mencapai USD 4,2 miliar.

"Seluruh proyek tersebut dilaksanakan oleh anak usaha di sektor hulu migas Pertamina yang beroperasi di Indonesia," kata  Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu dalam kesempatan dialog dengan media di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Proyek tersebut terdiri dari 47 proyek dilaksanakan oleh Pertamina EP, 29 proyek oleh PHE, 19 proyek oleh PHI, 2 proyek oleh PEPC, dan 1 proyek oleh PEPC ADK. Proyek-proyek migas tersebut meliputi kegiatan untuk mempertahankan base production seperti kegiatan pemboran, konstruksi fasilitas produksi, pengembangan struktur temuan migas, serta pengembangan EOR.

Proyek-proyek ini penting mengingat perannnya dalam mempertahankan revenue generator hulu saat ini. Kegiatan eksplorasi new ventures dilakukan melalui akses ke WK eksplorasi baru dan investasi untuk melakukan survei sesmik regional.

"Optimisme ini juga didukung dengan sejumlah capaian. Hingga bulan April, Pertamina telah menyelesaikan pemboran 77 sumur di Indonesia yang terdiri dari 72 sumur eksploitasi dan 5 sumur eksplorasi di WK eksisting," tegasnya.

Lebih lanjut Dharmawan menjelaskan bahwa pada tahun 2019 Pertamina berencana akan menyelesaikan 311 sumur pemboran eksplorasi dan eksploitasi di Indonesia dimana sekitar 38 persen di antaranya berada di wilayah kerja Mahakam.

"Realisasi pemboran Pertamina mendominasi realisasi pemboran migas di seluruh Indonesia. Komitmen pemboran ini adalah yang terbesar di Indonesia dalam rangka menjaga keberlangsungan produksi dari aset-aset eksisting, " tegasnya.

"Selain itu, sebagai bagian dari upaya menahan laju penurunan alamiah produksi, Pertamina juga melakukan program work over dan well intervention serta predictive maintenance yang dapat mengurangi potensi unplanned shutdown," imbuhnya.

Dharmawan menjelaskan bahwa proyek pengembangan hulu migas yang dilakukan oleh Pertamina diharapkan mampu membantu penguatan produksi migas nasional. Pengembangan ini diperlukan karena sebagian besar wilayah kerja Migas di Indonesia sudah membutuhkan pendekatan yang lebih khusus karena lapangan-lapangan tersebut sudah beroperasi lebih dari 40 tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Situasi Terkini, Gedung Bawaslu Kembali Digeruduk Massa

Posted: 21 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi demonstrasi di depan gedung Badan Pengawas Pemilu kembali berlangsung. Rabu (22/5) pagi massa mulai memenuhi jalan MH. Thamrin Jakarta. Aksi ini dikawal ketat pasukan Brimob,

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Massa, Mobil Komando 'Suara Rakyat' Parkir Depan Rumah Prabowo Subianto

Posted: 21 May 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan terpantau sepi. Pengamatan pukul 10.00 WIB, tidak ada kerumunan atau pengondisian massa di sekitar lokasi.

Walau demikian, terlihat ada satu mobil komando yang terpakir persis di depan rumah Prabowo. Belum ada pihak yang dapat mengonfirmasi terkait peruntukan mobil tersebut.

Warga di sekitaran Kertanegara pun mengaku tidak tahu menahu kepemilikan mobil tersebut.

Sementara itu, Tim Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga hingga berita ini diturunkan tidak menjawab konfirmasi seputar agenda harian Kedua pasang calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 ini.

Padahal, setiap harinya, Tim Media BPN selalu memberikan jadwal keduanya, meski pun diketahui internal.

Pun menurut informasi didapat dari salah seorang penjaga rumah Kertanegara yang enggan ditulis identitasnya, Prabowo Subianto masih dalam perjalanan dari kediaman yang di Hambalang, Bogor. Biasanya, mantan Pangkostrad itu biasa hadir di rumah Kertanegara sekira pukul 09.00 WIB.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Unjuk Rasa 22 Mei, Warganet: Stay Safe untuk Semuanya

Posted: 21 May 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Unjuk rasa yang dilakukan massa di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berlangsung hingga hari ini, Rabu (22/5/2019).

Demonstrasi juga terjadi di beberapa titik di Jakarta, termasuk Tanah Abang. Bahkan hingga pagi tadi, dikabarkan massa di Tanah Abang masih melawan aparat keamanan.

Banyak hal yang terjadi saat kerusuhan berlangsung, mulai dari jalanan yang ditutup hingga penumpang kereta di Tanah Abang yang tertahan di dalam kereta karena ada bentrokan.

Warganet pun berramai-ramai menyerukan jargon [stay safe](3972561 "") untuk seluruh pihak baik aparat keamanan yang bertugas menjaga keamanan saat demo maupun masyarakat biasa yang akan beraktivitas hari ini.

Ada juga warganet yang membagikan ceritanya yang harus kerja dari rumah karena situasi hari ini tidak mendukung perjalanan ke kantor.

Juga berharap aksi unjuk rasa hari ini tidak sama seperti aksi tahun 1998 silam.

Foto Polisi Video Call Anak Saat Kerusuhan Viral, Warganet Terenyuh

Viral Polisi Video Call Anak, Warganet Terenyuh. Sumber: Twitter

Kerusuhan terjadi pasca pengumuman hasil hitung suara Pemilu 2019. Masyarakat yang menganggap Pemilu 2019 curang, melakukan aksi demonstrasi di beberapa titik di Jakarta, termasuk di depan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

Ribuan aparat keamanan pun diterjunkan demi membuat suasana tetap kondusif. Ada yang menarik di sela-sela penjagaan ketat polisi malam itu.

Foto seorang polisi yang sedang video call dengan sang anaknya, membuat netizen terenyuh.

Foto tersebut awalnya diunggah oleh salah seorang pengguna Instagram @masagungwilis, yang kemudian diposting ulang oleh akun Twitter @giewahyudi.

Tertulis, "Terharu lihat foto ini. Pak polisi yang bertugas di kantor Bawaslu RI menyempatkan video call anaknya saat sedang beristirahat...".

Di dalam potret tersebut terlihat dua orang polisi sedang istirahat dari tugasnya menjaga keamanan.

Dengan posisi saling bersandar, salah seorang polisi tampak menggenggam smartphone-nya sambil berbicara dengan anak kecil, sedangkan polisi lainnya terlelap.

Foto ini sontak mengundang banyak simpati. Warganet merasa salut dan mengingatkan polisi dan seluruh pihak yang sedang bertugas untuk tetap hati-hati.

Sementara, aksi unjuk rasa yang dilakukan massa di depan gedung Bawaslu Selasa (21/5) masih berlanjut hingga hari ini, Rabu (22/5).

Massa menolak hasil Pemilu 2019 yang dinilai curang. Polisi sendiri sudah menetapkan status Siaga 1 hingga 25 Mei mendatang.

(Tik/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Penampakan Tangan di Foto Jaehyun NTC 127 Terpecahkan

Posted: 21 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Kanada - Foto Jaehyun NTC 127 yang diunggah akun resmi @NTCsmtown_127 pada 20 Mei 219 telah mengejutkan publik.

Dalam foto Jaehyun yang diunggah, terlihat sebuah tangan tengah memegangi kaki sang idol yang berdiri di pinggir pantai Vancouver, Kanada.

Foto tersebut pun kemudian ramai menjadi perbincangan publik, mengundang tanya warganet tentang tangan siapa yang muncul dan memegangi kaki Jaehyun.

Dari perbincangan di Twitter, tak sedikit warganet yang berpikir bahwa itu adalah tangan sasaeng.

 

Tangan Palsu

Foto Jaehyun NTC 127 yang membuat kehebohan. (Foto: Twitter @NTCsmtown_127)

Selain muncul berbagai dugaan, foto tersebut juga telah membuat para penggemar Jaehyun merasa takut akan keselamatan sang idol. Namun setelah dicari tahu, ternyata itu bukanlah tangan sasaeng atau hantu laut.

Ya, para penggemar Jaehyun NTC 127 akhirnya menemukan, bahwa tangan yang muncul dalam foto memegangi kaki Jaehyun NTC 127 adalah tangan palsu yang terbuat dari plastik. Para member NTC ternyata sempat terekan video memainkan tangan palsu itu untuk menakut-nakuti para staf.

 

 

Tertawa

Jaehyun NCT (Foto: Soompi.com)

Dalam sebuah video terlihat para member tengah memainkan tangan palsu tersebut di pinggir pantai. Para member pun terlihat bersenang- senang, bermain dengan tangan palsu tersebut.

Mengetahui fakta tersebut, warganet pun tertawa dan merasa tertipu dengan ulah Jaehyun yang berfoto dengan tangan palsu tersebut. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Situasi Terkini Arus Lalin di Sudirman

Posted: 21 May 2019 08:37 PM PDT

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah kendaraan bermotor melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Suasana lalu lintas yang lengang di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5/2019). Adanya unjuk rasa dan kericuhan usai pengumuman hasil Pemilu 2019 menyebabkan ruas jalan protokol tersebut berbeda dengan hari biasa yang diwarnai kemacetan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Shopee Liga 1: Tekuk Bhayangkara FC, Bali United ke Puncak

Posted: 21 May 2019 08:36 PM PDT

Jakarta - Dua pertandingan Shopee Liga 1 2019 digelar Selasa (21/5/2019). Bali United mencetak kemenangan 1-0 atas Bhayangkara FC. Kemenangan ini membuat mereka ke puncak klasemen. Sedangkan Persebaya Surabaya dipaksa bermain imbang 1-1 oleh tamunya, Kalteng Putra.

Bali United saat ini berada di puncak klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan raihan dua kemenangan dalam dua pekan pertama. Gol tunggal Yabes Roni pada menit ke-70 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, membawa Serdadu Tridatu mempertahankan tren positif.

Namun, korban Bali United di pekan pertama, Persebaya Surabaya, yang berusaha menebus kegagalan meraih poin di laga pertama, harus pasrah dengan hanya meraih satu poin di depan pendukung mereka yang memadati Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Persebaya sempat unggul lewat gol indah yang dicetak oleh Misbakus Solikin pada menit ke-23. Namun, hanya berselang tiga menit, Kalteng Putra sukses mencetak gol balasan lewat Patrich Wanggai.

Berkat hasil pertandingan hari pertama pekan kedua Shopee Liga 1 2019 ini, Bali United berhasil sampai di pucuk klasemen dengan enam poin yang sempurna. Serdadu Tridatu dibuntuti oleh Kalteng Putra yang berada di peringkat kedua dengan empat poin, setelah di pekan pertama mampu mencuri tiga poin berkat kemenangan 2-1 di kandang PSIS Semarang.

Data dan Fakta

Hasil Pertandingan Selasa (21/5/2019)

Persebaya Surabaya 1-1 Kalteng Putra

(Misbakus Solikin 23' | Patrich Wanggai 26')

Bali United 1-0 Bhayangkara FC

(Yabes Roni 70')

Jadwal Pertandingan Rabu (22/5/2019)

Borneo FC vs Arema FC

Persela Lamongan vs Persipura Jayapura

Klasemen Shopee Liga 1 2019

 
 
 
View this post on Instagram

Klasemen sementara Shopee Liga 1 pekan 2, Selasa (21/5). __ #ShopeeLiga1 #ShopeeForMen #ShopeeID

A post shared by Shopee Liga 1 (@liga1match) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berada di Italia, Guardiola Akan Latih Juventus?

Posted: 21 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Massimiliano Allegri memutuskan tidak lagi melatih Juventus pada musim depan. Setelah itu, serangkaian rumor telah mengaitkan juara bertahan Liga Italia dengan sejumlah pelatih.

Salah satu rumor yang berhembus kencang adalah Juventus dikaitkan dengan Pep Guardiola. Manajer Manchester City tersebut menjadi bidikan utama sebagai pengganti Allegri.

Tapi, Guardiola langsung berbicara kepada publik seputar rumor tersebut. Dengan tegas, mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munchen ini menyatakan bertahan di Manchester City.

Namun, spekulasi mengenai kedekatan Juventus dengan Guardiola kembali menguat. Baru-baru ini, Direktur Juventus Fabio Paratici terlihat mengunjungi sebuah hotel di kota Milan, tempat juru taktik asal Spanyol tersebut menginap.

 

Guardiola Temui Paratici?

Manajer Manchester City Pep Guardiola. (AFP/Glyn Kirk)

Pernyataan Guardiola tak mampu membendung rumor-rumor baru seputar kedekatan dirinya dengan Juventus. Kehadirannya di kota Milan, Italia pun mengundang perhatian publik.

Spekulasi mengenai kedekatannya dengan Juventus langsung tenggelam setelah diketahui Guardiola bertujuan menghadiri sebuah acara amal. Semuanya terlihat baik-baik saja sampai Fabio Paratici menginjakkan kaki di hotel Palazzo Parigi.

Hotel itu merupakan tempat Guardiola menetap untuk sementara di Milan. Dan dengan kehadiran Fabio Paratici, rumor mengenai adanya agenda pertemuan antara kedua belah pihak kini berhembus semakin kencang.

 

Agenda Lain Paratici

Menurut laporan lain, tujuan Paratici hadir di Palazzo Parigi bukanlah untuk menemui Guardiola. Calciomercato.com meyakini bahwa pria berumur 46 tahun tersebut sudah mengadakan janjian dengan sosok bernama Frank Trimobli.

Frank Trimobli adalah seorang agen yang berasal dari Inggris. Sekilas tak ada yang spesial dari sosok tersebut, sampai kemudian diketahui bahwa dirinya punya hubungan kuat dengan presiden Tottenham Hotspur, Daniel Levy.

Pertemuan Paratici dengan Trimobli ini menguatkan rumor lainnya yang mengaitkan Juventus dengan pelatih The Lilywhites, Mauricio Pochettino. Belakangan ini, pria asal Argentina itu disebut akan meninggalkan Tottenham usai laga final Liga Champions.

Mantan pelatih Juventus Marcello Lippi tidak menutup kemungkinan bahwa Pochettino bisa menjadi suksesor Massimiliano Allegri. Ia yakin Juventus sedang menantikan waktu yang tepat untuk mengangkat pria berumur 47 tahun tersebut sebagai pelatih barunya.

"Kami akan lihat apakah pelatih baru mereka datang dari tim yang terlibat di final Inggris ini, lalu kami akan paham alasan penundaan pengumumannya," tutur Lippi kepada Tuttomercatoweb.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: