Rabu, 01 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Maudy Ayunda Ungkap Rahasia Tetap Produktif Saat Puasa

Posted: 01 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan puasa kali ini Maudy Ayunda akan disibukkan dengan syuting film terbaru dan persiapan masuk kampus.

Meski sangat padat dan rasa-rasanya bakal menguras energi yang bisa berdampak pada kelelahan, tapi Maudy mengaku siap menghadapinya.

Maudy Ayunda mengatakan bahwa dia selalu berusaha memaksimalkan waktu supaya tetap produktif saat puasa. Dia akan melakukan apa saja untuk membantu tubuh tetap aktif selama bulan Ramadan.

Biasanya, pelantun "Aku Sedang Mencintaimu" ini mengakalinya dengan menjaga pola makan dan tidak lupa berolahraga.

"Aku selalu berusaha untuk menjaga pola makan saat puasa serta diimbangi suplemen" kata Maudy Ayunda saat ditemui acara Peluncuran Kampanye Tegar Hadapi Ramadan pada 23 April 2019.

Dalam hal makanan, Maudy Ayunda berusaha menjaganya saat bulan puasa.

"Aku berusaha mengurangi makanan berminyak saat puasa," kata Maudy.

Selain itu, aktivitas yang padat membuat Maudy Ayunda memilih untuk melakukan olahraga yoga atau pilates. Hal ini disebabkan keduanya dapat dilakukan sendiri tanpa pelatih pribadi.

Maudy juga mengatakan bahwa dia menyukai aktivitas berkumpul saat bulan puasa. Seperti berkumpul dengan keluarga di tengah kesibukkannya.

"Kalau di rumah, aku suka mempersiapkan menu untuk sahur dan berbuka bareng keluarga," ungkap Maudy. (Khairuni Cesario)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Real Count KPU Siang Ini, Jokowi Ungguli Prabowo Hampir 13 Persen

Posted: 01 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU terus melakukan proses penghitungan hasil Pilpres 2019. Menurut data KPU hingga siang ini Jokowi masih unggul dari Prabowo dengan jarak suara hampir 13%.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Resmikan Bendungan Gondang, Aliri Sawah di 2 Kabupaten

Posted: 01 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang terletak di Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Kehadiran waduk yang membendung Sungai Garuda ini akan mengalirkan air irigasi lebih kontinu dari yang sebelumnya mengandalkan tadah hujan.

"Hari ini kita menyaksikan Bendungan Gondang telah selesai dan nanti akan kita tutup saluran pengelak, sehingga genangan air akan segera terkumpul di bendungan ini," ungkap dia di Karanganyar, Kamis (2/5/2019).

Bendungan Gondang yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Ditjen Sumber Daya Air memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dan luas genangan 36,10 hektare (ha).

Nantinya, kehadiran bendungan yang dikerjakan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk dengan anggaran Rp 657 miliar sejak 2014 ini akan menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 4.680 ha di dua kabupaten, yakni Karanganyar dan Sragen.

Jokowi berharap, keberadaan bendungan baru ini ke depan bisa dimanfaatkan untuk beberapa fungsi lain di samping menjaga ketahanan air.

"Semoga Bendungan Gondang selain mengairi sawah juga untuk pembangkit listrik, juga untuk air baku, dan saya lihat tadi bagus jadi tempat wisata," ujar dia.

 

Bendungan Gondang Akan Beri Banyak Manfaat

Bendungan Gondang merupakan salah satu dari program pembangunan 65 bendungan yang bertujuan menambah tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke sawah terjaga. © Kementerian PUPR.

Menurut data Kementerian PUPR, Bendungan Gondang akan memberi banyak manfaat bagi Kabupaten Karanganyar dan Sragen. Antara lain, mengalirkan sumber air baku masing-masing sebesar 100 liter per detik, mereduksi debit banjir sebesar 639,2 m3 per detik dan menghasilkan listrik sebesar 0,33 mw, konservasi air (ground water recharge), destinasi wisata, dan sebagai kawasan konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

Adapun tipe bendungan berupa urugan random zonal inti tegak dengan panjang bendungan 604 meter, tinggi bendungan 71 meter, serta lebar puncak bendungan 71 meter.

Pasca diresmikan Jokowi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Bendungan Gondang sudah siap untuk segera dialiri air yang berasal dari Sungai Garuda.

"Kita sudah siap. Jadi sebelum bangun bendungan kan sungai dialihkan supaya kita bisa bangun tubuh bendungan ini. Tubuh bendungan ini sudah selesai, kita tutup bendungannya. Tadi saya lihat, ini sudah siap ditutup," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membandingkan Keunggulan Lampu LED Dibanding Halogen, Pilih Mana?

Posted: 01 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak pabrikan otomotif Tanah Air telah melengkapi kendaraan bermotor dengan teknologi LED (Light-emitting diode) pada bagian depan dan belakang. Hal itu tak terlepas dari keunggulan LED dibanding lampu halogen biasa.

Beberapa di antaranya adalah tahan guncangan, waktu respons cepat, hemat energi, ramah lingkungan dan menghasilkan pencahayaan serta warna sinar yang baik. Inovasinya pun makin merambah dengan banyaknya pilihan warna cahaya.

"Kalau lampu LED itu sudah pasti hemat energi. Kalau halogen 35 watt, LED cuma 7 watt," kata Autovision Expert, Joe AV, di arena JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, Joe juga menegaskan selain konsumsi daya yang lebih rendah, lampu LED diklaim memiliki usia jauh lebih panjang.

"Umurnya juga lebih panjang. Sebagai contoh lampu LED Autovision misalnya, bisa tahan sampai 20 ribu jam. Sementara jika lampu halogen biasanya cuma 500 jam," ujarnya.

Selanjutnya

LED merupakan komponen elektronik solid state, sehingga tahan terhadap guncangan dan mampu memiliki dimensi sangat kecil. Berarti praktis dari sisi penempatan yang tidak perlu ruangan besar.

Kelebihan lainnya, cahaya lampu LED mampu terang maksimal seketika dalam waktu kurang dari sedetik. Tidak seperti lampu HID dan xenon yang butuh waktu lebih lama hingga mencapai penerangan maksimal. Soal pendaran cahayanya pun, jauh lebih terang daripada halogen. Lampu LED untuk penerangan pada umumnya terdiri dari komponen LED chip, LED driver & pengendali suhu.

"LED juga dirancang dan diproduksi untuk menjadi lebih aman, baik bagi pengemudi maupun pengguna jalan lain, terutama dari arah berlawanan," tuturnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Haru, Istri Meninggal saat Melahirkan dan Suami Ini Lakukan Hal Tak Terduga

Posted: 01 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah pernikahan, semua pasangan pasti menginginkan untuk dikaruniai momongan. Tak sedikit pula dari mereka yang kemudian memiliki keturunan dengan cepat. Namun ada pula pasangan yang harus bersabar cukup lama untuk menanti datangnya sang buah hati. Namun, pada dasarnya semua wanita pasti ingin jadi seorang ibu. 

Menjadi seorang ibu memang bukanlah hal yang mudah. Hidupnya didedikasikan untuk mengurus suami, anak hingga rumah ia lakoni. Mulai dari bersih-bersih, masak, membantu anak belajar bahkan mengurusi suaminya. Namun, tak semua wanita bisa langsung dikaruniai anak setelah menikah. Terkadang semua butuh proses dan waktu untuk dikarunia seorang bayi.

Namun, perjuangan untuk mendapatkan seorang momongan tidak hanya di situ saja. Banyak rintangan yang harus dihadapi para orangtua mulai dari kelahiran bayi lahir lebih awal hingga perawatan yang intens agar bayi bisa tetap sehat. Segala usaha sudah barang tentu akan dilakukan untuk melahirkan buah hati dengan sempurna dan lancar.

Terkadang sebuah rencana dan harapan tak semulus yang diharapkan. Begitu banyak perjuangan-perjuangan yang harus dilakukan untuk persalinan. Seperti yang dialami oleh keluarga ini yang baru saja ditinggal oleh ibunya saat melahirkan bayinya. Berikut Liputan6.com rangkum kisah haru istri yang meninggal saat melahirkan anaknya, Kamis (2/5/2019).

Istri meninggal waktu melahirkan si buah hati

Cinta ibu kepada buah hatinya memang bisa dibilang cinta paling besar dan paling tulus yang pernah dirasakan umat manusia di dunia ini. Bahkan sebelum anak tersebut lahir, seorang ibu sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut buah hatinya. Seperti kisah yang dibagikan oleh akun twitter @hazifflatiff yang membagikan potret foto satu keluarga.

Namun, pada foto tersebut terlihat sosok bayangan perempuan disamping foto anak-anak dan suaminya. Dalam unggahan tersebut diceritakan bahwa sosok perempuan atau istri yang ada dalam foto tersebut dikabarkan telah meninggal saat melahirkan bayi yang berada dalam dekapan suaminya tersebut.

Suami tunaikan keinginan sang istri untuk foto bersama keluarganya

Sebelum sang istri meninggal, ia berkeinginan untuk bisa berfoto bersama dengan anak-anak dan bayinya. Namun, takdir berkata lain saat sang istri dikabarkan telah meninggal dunia ketika melahirkan si buah hatinya.  Untuk memenuhi keinginan terakhir dari istrinya, sang suamipun mewujudkan mimpi sang istri untuk bisa berfoto bersama keluarganya dengan mengedit foto istrinya bersama anak-anaknya.

Tak ayal, kisah haru ini banyak membuat orang ikut merasa sediih dan haru. Pada unggahan lainnya dalam akun twitter @MunaRahimah dijelaskan bahwa perempuan tersebut bernama Ad'lean binti Mohd Yusof. Ia meninggal karena mengalami komplikasi saat bersalin.

Dalam unggahan tersebut juga terdapat foto-foto semasa waktu ia mengandung bayi dan bersama suami dan anak lainnya. Kisah inipun viral di media sosial, sehingga banyak orang yang mendoakan istri tersebut dan keluarga serta anaknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Potret-Potret Imut Putri Charlotte di Ulang Tahun ke-4

Posted: 01 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri pasangan Kate Middleton dan Pangeran William, Putri Charlotte genap berusia 4 tahun pada Kamis (2/5/2019). Bertepatan dengan momen bahagia ini, Duchess dan Duke of Cambridge mempersembahan sederet potret imut putri mereka.

Terdapat tiga buah foto yang diunggah melalui akun Instagram resmi Kensington Palace @kensingtonroyal. Potret-potret tersebut diabadikan Kate dan Pangeran William di Kensington Palace serta di tempat tinggal mereka di Norfolk.

"The Duke and Duchess of Cambridge are very pleased to share three new photographs of Princess Charlotte ahead of her fourth birthday. (Duke dan Duchess of Cambridge sangat senang berbagi tiga foto baru Putri Charlotte menjelang ulang tahunnya yang keempat.)" bunyi keterangan tersebut.

Melansir People, Kamis (2/5/2019), dalam potret terlihat Putri Charlotte duduk manis di rerumputan dengan tangan bersilang di atas gaun bunga-bunga warna biru dari Trotters dengan kerah Peter Pan. Ia juga memakai sepatu kanvas navy bergaya retro yang super imut.

Selain itu, Kate Middleton juga mendandani putrinya lewat penataan rambut dengan mengikat setengah bagian. Lalu, penampilan Putri Charlotte kian menggemaskan bersama pemakaian pita navy yang senada dengan warna outfit-nya.

Bermain dengan Bunga

Putri Charlotte genap berusia 4 tahun pada Kamis, (2/5/2019). (dok. Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/Bw72IsRF3xC/Putu Elmira)

Sementara, dua potret lainnya menampilkan Putri Charlotte yang enerjik dengan rambut yang diikat ke belakang. Pemilik nama lengkap Charlotte Elizabeth Diana ini mengenakan gaun gaya tartan karya Amaia.

Gaun tersebut juga menjadi salah satu busana favoritnya. Sementara, Putri Charlotte juga sempat memakai gaun tersebut ketika bermain dengan saudara laki-lakinya, Pangeran George dan sang sepupu, Mia Tindall.

Putri Charlotte genap berusia 4 tahun pada Kamis, (2/5/2019). (dok. Instagram @kensingtonroyal/https://www.instagram.com/p/Bw72MZGlW5P//Putu Elmira)

Potret-potret menggemaskan Putri Charlotte hadir sepekan setelah Kate Middleton dan Pangeran William membagikan foto-foto baru Pangeran Louis yang berulang tahun ke-1 pada Selasa, 23 April 2019 lalu. Hari jadi Putri Charlotte dirayakan di rumah secara pribadi.

Ia telah memiliki pengalaman yang mengesankan tahun lalu karena ambil bagian dalam dua pernikahan kerajaan. Seperti yang diketahui, ia menjadi pengiring pengantin di pernikahan Meghan Markle dan Pangeran Harry pada Mei 2018 serta Putri Eugenie dan Jack Brooksbank pada Oktober 2018. Selamat ulang tahun, Putri Charlotte!

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol Pekan ke-36: Barcelona Fokus Liga Champions

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sisa jadwal Liga Spanyol hingga akhir musim bakal jadi ajang bagi pemain-pemain muda Barcelona untuk unjuk gigi. Barcelona tak akan ngotot lagi kejar poin karena sudah rebut gelar juara.

Barcelona kini fokus ke Liga Champions utamanya untuk leg kedua semifinal Liga Champions melawan Liverpool pada 8 Mei nanti di Anfield. Maka itu, pelatih Barcelona akan merotasi sejumlah pemain agar bisa segar saat melawan Liverpool. 

Barcelona dijadwalkan untuk melawan Celta Vigo akhir pekan ini. Meski jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini tak punya banyak arti bagi Barcelona, tapi tidak demikian dengan Vigo.

Celta Vigo saat ini sedang berjuang untuk keluar dari zona degradasi.Mereka saat ini mengoleksi 37 poin dan berada di posisi ke-15, tapi hanya terpaut 2 poin dengan Real Valladolid yang berada di zona degaradasi.

Satu kemenangan di jadwal Liga Spanyol pekan ke-36 melawan Barcelona bisa membuat Vigo selamat dari jurang degradasi. Selain Barcelona, jadwal Liga Spanyol pekan ini juga diramaikan dengan perebutan posisi 4 klasemen.

 

 

Jadwal Liga Spanyol

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah saat melewati Jordi Alba pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/

Sabtu (4/5/2019)

02:00 WIB Sevilla vs Leganes

18:00 WIB Levante vs Rayo Vallecano

21:15 WIB Espanyol vs Atletico Madrid

23:30 WIB Deportivo Alaves vs Real Sociedad

 

Minggu (5/5/2019)

01:45 WIB Celta Vigo vs Barcelona

17:00 WIB Getafe vs Girona

19:00 WIB Eibar vs Real Betis

21:15 WIB Real Madrid vs Villarreal

23:30 WIB Real Valladolid vs Athletic Bilbao

Jadwal Liga Spanyol

Senin (6/5/2019)

02:00 WIB Huesca vs Valencia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Kaisar Naruhito, Permaisuri Masako Pernah Alami Gangguan Stres Berat

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bersamaan dengan diangkatnya Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru, sang istri, Masako resmi menyandang gelar sebagai Permaisuri. Keduanya memang dikenal sering tampil di depan publik bersama-sama.

Kaisar Naruhito sendiri dikenal sebagai sosok penyayang keluarga. Bahkan, dia sempat mengemban tugas sebagai ayah yang aktif saat Masako didiagnosis gangguan stres.

Dikutip dari BBC News pada Kamis (2/5/2019), Masako Owada resmi menikah dengan Naruhito pada Juni 1993. Pernikahan mereka disambut oleh 190 ribu orang yang hadir saat arak-arakan di pusat kota Tokyo.

Pada 1999, Masako mengalami keguguran kandungan. Dia baru bisa melahirkan seorang anak di tahun 2001. Itupun seorang perempuan yang dianggap tidak bisa meneruskan takhta Krisantemum.

 

Mengalami Masalah Stres Berat

Pangeran Naruhito dan Putri Masako akan meneruskan takhta Kekaisaran Jepang pada April 2019. (AFP)

Mengutip Mainichi, permaisuri mulai mengalami masalah terkait stres tidak lama kemudian. Dia mengalami 'adjustment disorder.' Menurut Mayo Clinic masalah ini terjadi ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan akibat kondisi yang tidak terduga. Mungkin saja karena hubungan, pekerjaan, atau pendidikan.

Secara umum, orang akan mampu mengendalikan masalah stres seiring berjalannya waktu. Namun bagi orang dengan 'adjustment disorder' pasien akan mengalami reaksi emosi atau perilaku yang menyebabkan perasaan cemas atau depresi.

Beberapa warga percaya bahwa masalah stres berat yang dialami Masako karena tekanan berat terkait ahli waris laki-laki. Selain itu, dia juga harus menyesuaikan diri dengan kehidupan di keluarga kekaisaran.

"Itu adalah situasi di mana saya tidak bisa mengunjungi negara-negara lain selama enam tahun dan membutuhkan upaya besar bagi saya untuk menyesuaikan diri," kata permaisuri dalam sebuah konferensi pers di tahun 2002.

 

Siap Menjadi Permaisuri

Pangeran Naruhito bersama dengan Putri Masako dan Putri Aiko dalam foto keluarga putra mahkota terbaru (AP)

Setelah cukup lama menarik diri dari pekerjaannya sebagai putri mahkota, ibu dari Putri Aiko ini perlahan aktif kembali setelah mendapatkan perawatan di akhir 2003. Di 2011, setelah gempa dan tsunami yang melanda negeri Sakura, dia dan Naruhito mengunjungi pusat evakuasi untuk bertemu dengan para korban.

Selain itu, di 2013, Masako mengunjungi Belanda. Perjalanan ke luar negeri ini menjadi yang pertama kalinya dalam 11 tahun.

Di Desember 2018, perempuan 55 tahun ini mengatakan bahwa dirinya siap menjadi seorang permaisuri. Meskipun, tetap ada rasa tidak percaya diri.

"Saya ingin mengabdikan diri pada kebahagiaan orang-orang, jadi saya akan melakukan upaya untuk itu, sembari mendapatkan lebih banyak pengalaman."

 

Dinilai Bisa Mendobrak Tabu

Putri Masako bersama Pangeran Naruhito bersiap untuk kunjungan ke Brasil, 16 Maret 2018. (TOSHIFUMI KITAMURA / POOL / AFP/Asnida Riani)

Beberapa pakar menilai bahwa permaisuri baru ini bisa menjadi seorang advokat di bidang kesehatan mental.

"Ada banyak tabu di Jepang tentang masalah kesehatan mental, dia bisa membuat perbedaan yang besar," kata Kenneth Ruoff, profesor sejarah Jepang modern di Portland State University.

Beberapa warga Jepang juga menilai bahwa Masako bisa menjadi permaisuri yang baik dengan belajar dari pengalamannya sebagai seorang ibu dan perempuan di Jepang. Yang lain banyak menyandingkannya dengan Putri Diana dari Kerajaan Inggris.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan dan Doa Warganet di Hari Pendidikan Nasional 2019

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Peringatan ini nyatanya bertepatan dengan hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara yang merupakan pelopor pendidikan Indonesia dan juga pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa. Atas jasanya ini beliau juga dihormati sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia.

Saat ini setiap tahun seluruh rakyat Indonesia memperingati tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas atau Hari Pendidikan Nasional. Biasanya instansi pendidikan memperingatinya dengan melakukan upacara.

Tak hanya itu, peringatan Hardiknas juga turut mencuri perhatian para warga jagat maya. Melalui twit, mereka kompak memberikan ucapan selamat memperingati Hardiknas. Selain itu, tak jarang pula yang mengutarakan doa serta harapan mereka bagi dunia pendidikan Tanah Air.

Dikutip dari berbagai akun Twitter, berikut doa dan harapan warganet di Hari Pendidikan Nasional:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap PLTU Riau-1, Bupati Temanggung Hingga Anak Setnov Diperiksa KPK

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq dan CEO Blackgold Natural Resources Rickard Philip Cecil dalam kasus suap proyek PLTU Riau-1.

"Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFB (Direktur Utama nonaktif PT PLN, Sofyan Basir)," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2019).

Selain Al Khaziq dan Rickard, penyidik juga akan memeriksa dua pejabat PLN yakni Kadiv Pengembangan Regional Sulawesi Suwarno dan Kepala Divisi Batubara Harlen.

Kemudian Komisaris PT Skydweller Indonesia Mandiri, Rheza Herwindo yang juga anak dari mantan Ketua DPR Setya Novanto alias Setnov, Staf Admin Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih, Diah Aprilianingrum, dan satu pihak wiraswasta Mukhradis Hadi Kusuma.

"Mereka juga akan dimintai keterangan untuk penyidikan tersangka SFB," kata Febri.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Sofyan Basir Tersangka

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir tiba untuk menjalani pemeriksaan penyidik di gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/9). Sofyan Basir diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan menteri Sosial dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK menetapkan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Penetapan ini merupakan pengembangan dari kasus yang telah menjerat Eni Maulani Saragih, pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Kotjo dan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

Sofyan Basir diduga bersama-sama Eni Saragih dan Idrus menerima suap dari Johannes Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Sofyan diduga mendapat jatah sama dengan Eni dan Idrus.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Sofyan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 56 Ayat (2) KUHP Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenangan Uci Bing Slamet tentang Diet Keto Mendiang Eddy Riwanto

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor senior Eddy Riwanto meninggal dunia, Senin (29/4/2019) sore. Pemain sinetron Cinta Suci ini mengembuskan nafas terakhir usai salat Ashar. Diketahui Eddy Riwanto menjadi imam para kru saat melaksanakan kewajiban muslim itu, Senin sore lalu.

Banyak kenangan yang dirasakan sejumlah sahabat tentang sosok aktor jebolan IKJ itu. Salah satunya Uci Bing Slamet. Bersama Eddy Riwanto, Uci yang akrab disapa Bunda, sama-sama bermain dalam sinetron Cinta Suci, salah satu tayangan favorit di SCTV.

"Mas Eddy baik. Ibadahnya juga bagus. Bunda pernah juga main sinetron yang disutradarainya," papar Uci Bing Slamet saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (2/5/2019). 

Putri mendiang seniman legendaris ini juga menceritakan kedekatannya dengan Eddy Riwanto. "Bunda deket, Adi (Bing Slamet) adik Bunda, juga deket sama Mas Eddy," tambahnya.

Ngebatin

Eddy Riwanto

Uci Bing Slamet mengaku sedih lantaran belakangan agak susah bertemu dengan sahabatnya itu.

"Bunda sempat ngebatin pengen banget ketemu dengan Mas Eddy Riwanto. Belum kesampaian juga Soalnya set syuting kami sering berbeda setiap hari. Eh dia sudah meninggal," papar mantan penyanyi tahun 1980-an ini.

Diet Ketat

Uci Bing Slamet dan kru Sinemart jalani ibadah umrah (Foto: Instagram)

Uci Bing Slamet menyimpan cerita menarik. Yaitu diet ketat yang dijalani Eddy Riwanto. "Setahu bunda, Mas Eddy jalani Diet keto. Berat badannya turun drastis kan. Kurus banget. Tapi, ya kurang seger kalau menurut Bunda sih," paparnya.

Eddy Riwanto disiplin jalani diet. "Ini nggak, boleh itu nggak boleh dimakan. Salut deh. Di lokasi syuting Bunda sempat bilang udah makan aja mas, nikmati," kata Uci bercerita tentang kenangan terakhir bersama almarhum.

Dimakamkan

Pemakaman Eddy Riwanto (Sapto Purnomo/Liputan6.com)

Jenazah Eddy Riwanto dimakamkan di TPU Kampung Rawa Sapi, Tambun, Bekasi, Selasa (30/4/2019) siang. Sebelumnya jenazah aktor senior ini sempat disemayamkan di kediamannya di Pekayon, Bekasi. 

Aktor ini meninggal dalam usia 63 tahun. Eddy meninggalkan seorang istri dan 2 anak. Eddy dikenal juga sebagai aktor jebolan IKJ. Sejumlah film drama sempat dimainkannya, termasuk Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009) yang juga diproduksi Sinemart production house yang menggarap Cinta Suci

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Nenek Asal Jember Selamat dari Runtuhan Rumah

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Akibat guyuran hujan, rumah milik nenek Sia (68), warga Dusun Tegalan RT 03, RW 04, Desa Sumber Kejayan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, Jawa Timur, ambruk. Peristiwa menimpa janda yang hidup sebatang kara ini, saat dia terlelap tidur, sekitar pukul 03.00 WIB.

"Akibat peristiwa itu, membuat rumah korban, rata dengan tanah," kata Kepala Dusun (Kasun) Tegalan Desa Sumber Kejayan Jember, Evi, Rabu (1/5/2019).

Dia menjelaskan, peristiwa bencana alam yang menimpa warganya ini terjadi saat Nenek Sia tidur pulas. Sejak Selasa malam, hujan mengguyur Desa Sumber Kejayan Jember dan sekitarnya. Selain itu, aliran listrik padam. Karena itu, Nenek Sia memilih tidur di dalam rumahnya, yang hanya ditempatinya seorang diri.

Sebab, nenek Sia, seorang janda yang tidak dikaruniai anak. Nenek Sia tidak tahu pasti peristiwa itu diperkirakan sekitar pukul 3 pagi, rumahnya ambruk rata dengan tanah. Korban belum sempat menghindar karena masih tidur pulas.

Mendengar ada suara aneh, sejumlah tetangga dekat berdatangan, untuk membantu evakuasi korban. Warga mengira Nenek Sia meninggal dunia karena tertimpa rumah.

"Saat dilakukan pencarian, korban ditemukan di antara reruntuhan rumahnya. Alhamdulillah, Nenek Sia selamat dari musibah itu, berkat pertolongan Allah SWT," ujar Kasun wanita pertama di Desa Sumber Kejayan Jember ini.

Nasib Nenek Sia

Akibat guyuran hujan, rumah milik nenek Sia (68) ambruk. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Evi juga menjelaskan bahwa Nenek Sia, hanya mengalami luka ringan. Beliau terlihat terguncang dan trauma. Sebetulnya, rumah tersebut beberapa hari terakhir, jarang ditempati. Sebab, Nenek Sia sering menginap di rumah keponakannya, di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Jember.

Bahkan, pemerintah Desa Sumber Kejayan Jember, sudah berencana merenovasi rumah Nenek Sia, dalam program renovasi rumah tidak layak huni. Rencananya, akan dikerjakan setelah pemilu selesai. Namun, belum sempat diperbaiki, rumah tersebut sudah ambruk.

"Alhamdulillah, orengah eparengeh Slamet, polana lamphengah talanggen ka tembok se rempak (Bahasa Madura : Alhamdulillah, orangnya diberi keselamatan, karena Blandar rumah terganjal runtuhan tembok)," ujar Evi.

Menyusul kejadian itu, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember, didampingi oleh Camat Mayang, Ajib, SIP, bersama perangkat Desa Sumber Kejayan, turun ke lokasi menyalurkan bantuan. Untuk sementara ini, Nenek Sia tinggal di rumah Keponakannya. Saudaranya sudah menyampaikan kepada tim, bahwa Nenek Sia akan menjadi tanggung jawabnya. Bahkan mereka menolak rumah Nenek Sia dibangun kembali.

"Tidak usah dibangun rumah dia. Kasihan dia tinggal sebatang kara. Lebih baik tinggal dengan saya," ujar Evi, menirukan ucapan keponakan Nenek Sia yang tinggal di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Jember.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Saring 486 Hoaks Sepanjang April 2019

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada 486 hoaks, kabar bohong, serta berita palsu yang berhasil diidentifikasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sepanjang bulan April 2019.

Secara total, jumlah hoaks yang dikais, diidentifikasi, diverifikasi dan divalidasi oleh Kemkominfo menjadi 1.731 hoaks pada periode Agustus 2018 sampai dengan April 2019.

Dari 486 hoaks selama April 2019 tersebut, terdapat 209 hoaks kategori politik.

Sehingga, total hoaks kategori politik yang diidentifikasi, diverifikasi dan divalidasi oleh Kemkominfo menjadi 620 hoaks.

"Hoaks politik antara lain berupa kabar bohong yang menyerang pasangan calon presiden dan wakil presiden, partai politik peserta pemilu maupun penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu," ujar Plt Kepala Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan persnya, Kamis (2/5/2019).

Dilanjutkannya, dari penelusuran Mesin AIS Kemkominfo, jumlah hoaks, kabar bohong, berita palsu dan ujaran kebencian terus meningkat menjelang hari pencoblosan 17 April 2019.

Tidak berhenti di tanggal pencoblosan, jumlah hoaks terus bertambah setelah 17 April 2019.

Konten Hoaks Terus Meningkat

Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

"Jumlah konten hoaks yang beredar di tengah masyarakat kita terus meningkat dari bulan ke bulan. Di bulan Agustus 2018, hanya 25 informasi hoaks yg diidentifikasi oleh Tim AIS Subdit Pengendalian Konten Ditjen Aplikasi Informatika. Di September 2018, naik menjadi 27 hoaks, sementara di Oktober dan November 2018 masing-masing di angka 53 dan 63 hoaks. Di bulan Desember 2018, jumlah info hoaks terus naik di angka 75 konten," terangnya.

Peningkatan jumlah konten hoaks sangat signifikan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2019.

Sebanyak 175 konten hoaks yang berhasil diverifikasi oleh Tim AIS Kemkominfo. Angka ini naik dua kali lipat di Februari 2019 menjadi 353 konten hoaks.

Angka tersebut terus menanjak menjadi 453 hoaks selama Maret 2019.

Divalidasi Tim AIS Kemkominfo

Ilustrasi hoax (iStockPhoto)

Dari total 1.731 hoaks sejak Agustus 2018 hingga April 2019 yang diidentifikasi, diverivikasi dan divalidasi oleh Tim AIS Kemekominfo, hoaks kategori politik mendominasi di angka 620 item hoaks.

Disusul 210 hoaks kategori pemerintahan, 200 hoaks kategori kesehatan, 159 hoaks terkait fitnah, 113 hoaks terkait kejahatan dan sisanya hoaks terkait isu agama, bencana alam, mitos, internasional dan isu lainnya.

Sekadar informasi, Tim AIS Kemkominfo dibentuk oleh Menteri Kominfo Rudiantara pada Januari 2018 untuk melakukan pengaisan, identifikasi, verifikasi, dan validasi terhadap seluruh konten internet yang beredar di cyber space Indonesia, baik konten hoaks, terorisme dan radikalisme, pornografi, perjudian, maupun konten negatif lainnya.

Saat ini Tim AIS berjumlah 100 personil didukung oleh mesin AIS yang bekerja 24 jam, 7 hari seminggu tanpa henti. 

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Tradisi Masyarakat Sunda Menjelang Ramadan

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Marhaban Ya Ramadan, bulan suci penuh ampunan bagi umat Islam, sudah dalam radar hitungan hari. Seluruh masyarakat muslim dunia, tak terkecuali warga Muslim Garut, Jawa Barat akan melaksanakannya. Bagi masyarakat Sunda, ada beberapa tradisi yang selalu dilakukan sebelum datangnya bulan suci Ramadan.

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda, Cisurupan Garut, KH Cecep Jaya Karama mengatakan, ada beberapa tradisi baik yang biasa dilakukan masyarakat Garut menjelang datangnya bulan suci Ramadan. "Ada keramasan, munggahan, hingga nadran," ujarnya kepada Liputan6.com, Rabu (1/5/2019).

Keramasan

Keramasan atau Kuramasan dalam dialek Sunda, merupakan mandi besar atau mandi taubat biasa masyarakat menyebut. Berasal dari kata keramas, artinya mandi dengan disertai membasuh kepala secara sempurna.

Hal ini menunjukan sebuah simbol pembersihan dan penyucian diri lahir dan batin, sebagai bagian dalam penyambutan bulan suci Ramadan. "Tak lupa saling memaafkan, hilangkan rasa dengki, dan dendam kepada semua," kata dia.  

Dalam praktiknya, biasanya dilakukan sehari sebelum pelaksanaan puasa Ramadan berlangsung. Setelah melakukan mandi besar atau keramasan, setiap keluarga kemudian melangsungkan aksi saling memaafkan dari segala salah dan dosa. "Istilahnya pembersihan diri menyambut bulan suci Ramadan," kata dia.

Tidak hanya di dalam keluarga, biasanya acara keramasan biasa dilakukan di lingkungan masyarakat sekitar, dengan cara saling memaafkan antaranggota masyarakat di lingkungan sekitar.

 

 

Munggahan

Ilustrasi makan bersama di atas daun pelepah pisah yang dilakukan anggota TNI-Polri, merupakan salah satu kegiatan dalam tradisi munggahan menjelang Ramadan (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Tradisi kedua yang biasa dilakukan masyarakat Sunda Garut menjelang datangnya bulan suci Ramadan yakni Munggahan. Berasal dari kata munggah yang berarti naik atau meningkat, sehingga mampu melakukan perubahan dalam berbagai hal, terutama soal kebaikan.

Bagi masyarakat Sunda, acara munggahan biasa digunakan sebagai penyambutan hari pertama bulan suci Ramadan. Tradisi itu diharapkan mampu meningkatkan kualitas ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT selama bulan suci Ramadan. "Bukan hanya makan-makan saja, tetapi yang pasti adanya peningkatan kualitas ibadahnya saat kita masuk Ramadan," kata dia.

Ada dua macam istilah munggahan. Pertama munggah adat, yakni adanya peningkatan dalam hal adat atau kebiasaan yang berkembang di masyarakat sekitar. "Contoh, biasanya kalau makan cuma dengan telur, di bulan Ramadan meningkat menjadi makan dengan daging," dia menerangkan.

Kedua munggah darajat, yakni adanya peningkatan derajat ketakwaan seseorang selama melaksanaan bulan suci Ramadan. "Yang awalnya jarang beribadah dengan datangnya Ramadan, maka menjadi lebih rajin," kata dia.

Budayawan Garut Franz Limiart menambahkan, bagi masyarakat Sunda, tradisi munggahan sudah diwariskan sejak lama secara turun-temurun, sebagai bagian penyambutan bulan suci Ramadan.

"Biasanya diisi syukuran makan-makan secara bersama, hitung-hitung makan terakhir siang hari besok mau puasa," papar dia.

Kegiatan ini, ujar dia, biasa dilakukan sepekan terakhir menjelang datangnya Ramadan. Dalam kegiatannya tidak hanya bersama keluarga, tetapi bisa dilakukan bersama teman, rekan kerja dan orang terdekat. "Selain makan-makan juga saling memaafkan menyambut bulan suci Ramadan," ujar dia.

Nyadran atau Nadran

Nampak beberapa anggota keluarga tengah melakukan nadran kubur menjelang datangnya bulan suci Ramadan (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Tradisi ketiga yakni Nyandaran atau Nadran. Prosesi budaya yang kata dasarnya diambil dari bahasa Arab, Nadara yang berarti jarang atau langka. Dalam kegiatan sehari-hari, adat tersebut kemudian kerap dilakukan masyarakat, dengan cara berkunjung menemui sanak saudara hingga berziarah kubur.

Selama nadran, seorang Muslim biasanya melakukan ritual membersihkan makam orangtua atau keluarga yang telah meninggal dunia, sambil memanjatkan doa ampunan bagi ahli kubur. "Biasanya dilakukan menjelang Ramadan atau awal Syawal (lebaran Idul Fitri)," kata dia.

Bagi masyarakat Indonesia, budaya ziarah ke makam leluhur, seolah menjadi keharusan sanak saudara atau keturunan setelahnya, untuk mendoakan ahli kubur yang telah meninggal dunia. "Ziarah kubur ini merupakan amalan yang sangat baik bagi umat Islam," Cecep menegaskan.

Bagi yang belum melaksanakan ketiga prosesi adat yang mengandung unsur ibadah tersebut, alangkah baiknya ikut dilaksanakan sebagai bekal siraman rohani menjelang datangnya bulan suci Ramadan tahun ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Es Sukonandi, Sajian Favorit Berbuka Puasa di Yogyakarta

Posted: 01 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Suci Ramadan sebentar lagi datang. Sudah terbayang beragam hidangan berbuka. Di Yogyakarta, salah satu hidangan yang laris adalah Es Sukonandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hardiknas, Mendikbud: Warga Demokratis Jadi Tujuan Pendidikan Kita

Posted: 01 May 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyinggung soal Pemilu Serentak 2019 lalu. Menurut Muhadjir, pemilu yang dilaksanakan pada 17 April 2019 lalu merupakan proses belajar bagaimana mengubah tingkah laku menuju kedewasaan.

"Dalam hal ini semakin dewasa dalam berdemokrasi. Perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita," ujar Muhadjir dalam pidato yang diunggah di situs Kemendikbud untuk memperingati Hardiknas, Kamis, (2/5/2019).

Meski demikian, Muhadjir menilai lumrah jika dalam kontestasi berdemokrasi menimbulkan keretakan dan perpecahan.

"Dalam momentum seperti ini tanggungjawab nasional kita dipertaruhkan. Tanggung jawab untuk selalu menjaga aset vital bangsa yang takternilai harganya, yaitu semangat kerukunan, persaudaraan, dan persatuan," ujar dia.

Dalam pidatonya, Muhadjir juga menyinggung soal fokus pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. Di mana, pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur.

Mulai jalan tol hingga jalan pedesaan, pelabuhan, dan lapangan terbang. Di samping infrastruktur komunikasi, infrastruktur pengairan untuk memenuhi kebutuhan air dan irigasi serta infrastruktur energi. Menurut Muhadjir, kecukupan infrastruktur merupakan prasyarat untuk menjadi negaramaju. Tidak ada satupun negara maju tanpa didukung infrastruktur yang cukup.

"Dalam hal infrastruktur ini, sebagaimana dinyatakan oleh Presiden Jokowi, Indonesia baru memiliki sekitar 39 persen dari yang seharusnya. Walaupun demikian, alhamdulillah, pembangunan infrastruktur dalam empat tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya," kata Muhadjir. 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Perhatian Khusus Bagi Anak-Anak Perbatasan

Di samping pembangunan infrastruktur, kata dia, pemerintahan juga memulai pembangunan daripinggiran. Menurut dia, keduanya memiliki makna yang mendalam. Dengan terbangunnya infrastrukturkhususnya transportasi dan komunikasi, konektivitas seluruh wilayah Indonesia dapat diwujudkan.

"Wilayah Indonesia betul-betul tersatukan di alam nyata, bukan hanya di alam idea. Di sisi lain,pembangunan di wilayah pinggiran dapat mempertegas kehadiran dan kedaulatan negara. Kalausinga jantan, si Raja hutan, menandai batas wilayah kekuasaannya dengan menebar aroma airseninya, negara menandai batas kedaulatannya dengan menebar aroma pembangunan besarbesaran di wilayah pinggiran dan perbatasan," ujar dia.

Dalam rangka menerjemahkan kebijakan tersebut, kata Muhadjir di sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal. Bahkan,Kemendikbud memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar 3 batas negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, negarabagian Malaysia.

 

Reporter: Firda Suci Fahrunnisa

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menristekdikti Resmikan Gedung Mochtar Riady Fisip UI

Posted: 01 May 2019 09:54 PM PDT

Rektor Universitas Indonesia (UI), Muhammad Anis, memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Rektor Universitas Indonesia (UI), Muhammad Anis, memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Chairman Lippo Group Mochtar Riady memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Chairman Lippo Group Mochtar Riady memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Chairman Lippo Group Mochtar Riady (kedua kanan) dan Menristekdikti Mohamad Nasir (berpeci) menandatangani prasasti saat peresmian pembangunan kembali Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Chairman Lippo Group Mochtar Riady (kedua kanan) dan Menristekdikti Mohamad Nasir (berpeci) menandatangani prasasti saat peresmian pembangunan kembali Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menristekdikti Mohamad Nasir, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Chairman Lippo Group Mochtar Riady saling bergandengan tangan usai peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Kamis (2/5/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menristekdikti Mohamad Nasir, Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Chairman Lippo Group Mochtar Riady saling bergandengan tangan usai peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Kamis (2/5/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menristekdikti Mohamad Nasir dan Ketua DPR Bambang Soesatyo menghadiri peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menristekdikti Mohamad Nasir dan Ketua DPR Bambang Soesatyo menghadiri peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menristekdikti Mohamad Nasir memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menristekdikti Mohamad Nasir memberikan sambutan saat peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menristekdikti Mohamad Nasir dan Ketua DPR Bambang Soesatyo menghadiri peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menristekdikti Mohamad Nasir dan Ketua DPR Bambang Soesatyo menghadiri peresmian pembangunan kembali Gedung C FISIP Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019). Gedung tersebut diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Tanggap Darurat Tanah Bergerak di Sukabumi Diperpanjang

Posted: 01 May 2019 09:50 PM PDT

Fokus, Sukabumi - Pergerakan tanah di kawasan Jalan Raya Sagaranteun, Kampung Gunungbatum, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, semakin hari bertambah parah.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (2/5/2019), hingga Kamis pagi, setengah badan jalan telah ambles dengan kedalaman lebih dari satu meter. Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya kendaraan berat yang masih melintas pada malam hari.

Sementara itu, masa tanggap darurat tanah bergerak yang telah berakhir pada 29 April lalu diperpanjang hingga 6 Mei mendatang.

Sedikitnya 110 kepala keluarga atau 354 jiwa serta 90 rumah menjadi korban bencana ini. Bantuan berbagai macam barang bagi para korban juga terus diterima dari sejumlah pihak.

Bencana tanah bergerak juga memaksa warga Kecamatan Nyalindung untuk memindahkan belasan jenazah yang berada di Tempat Pemakaman Umum Kertaangsana.

Hal ini dilakukan atas permintaan keluarga jenazah untuk menghindari jenazah-jenazah tersebut tergerus tanah yang terus ambles. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jadwal dan Lokasi Pasar Murah di Jakarta selama Ramadan

Posted: 01 May 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Pasar Murah selama bulan Ramadan 1414 Hijriah.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekda DKI Jakarta, Sri Haryati mengatakan, pasar murah akan digelar di 114 lokasi.

Menurut Haryati, pasar murah mulai digelar dari 29 April hingga 28 Juni 2019. Setiap harinya, ada tiga lokasi Pasar Murah di kelurahan yang telah ditentukan.

"Lokasinya bisa di RPTRA dan tempat lain agar masyarakat mudah menjangkau," ujar Sri di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 30 April 2019.

Sri menyampaikan, sejauh ini, stok pangan di ibu kota aman terkendali.Mengingat, pihaknya hari terus berupaya mengendalikan harga bahan pokok.

"Di DKI pangan aman dan harga terkendali serta mudah dijangkau. Kami upayakan terus berkomunikasi dengan pemerintah pusat," tandas Sri seperti dilansir dari Beritajakarta.id

 

Beberapa Titik Pasar Murah

Berikut beberapa jadwal dan lokasi Pasar Murah di DKI Jakarta antara lain:

1. 30 April 2019 di Ciganjur, Pela Mampang, Kuningan Barat, Jakarta Selatan.

2. Mei 2019 di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Lagoa dan Cilincing, Jakarta Utara.

3. Mei 2019  di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat; Lenteng Agung dan Jati Padang Jakarta Selatan

6. Mei 2019 di Pisangan Baru, Cibubur, Pondok Kopi, Jakarta Timur.

7. Mei 2019 di Rawa Badak Utara dan Sukapura, Jakarta Utara serta Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

8. Mei 2019 di Kebagusan, Jakarta Selatan, Utan Kayu Selatan dan Ciracas, Jakarta Timur.

9. Mei 2019 di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Tugu Selatan dan Penjaringa, Jakarta Utara.

10. Mei 2019 di Cipete Utara, Pejaten Barat Jakarta Selatan dan Cijantung, Jakarta Timur.

13. Mei 2019 di Cilandak Barat dan  Kalibata Jakarta Selatan dan Kebon Bawang Jakarta Utara.

14. Mei 2019 di Kedaung Kali Angke Jakarta Barat serta Kebon Pala dan Kalisari Jakarta Timu.

15. Mei 2019 di Susukan, Cawang Timur dan Papanggo Jakarta Utara.

16. Mei di Kamal Jakarta Barat serta Cipulir dan Ragunan Jakarta Selatan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarak Ramadan Ala Remaja Islam Sunda Kelapa

Posted: 01 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lagi, Ramadan akan kembali hadir menyapa kaum muslimin. Bulan penuh ganjaran ini akan sangat sayang berlalu begitu saja tanpa diisi amaliah ibadah maupun kegiatan positif lainnya.

Dalam menyemarakkan bulan suci ini, Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa (RISKA) Menteng, Jakarta Pusat memiliki ragam acara. Kegiatan itu terbingkai dalam acara Ramadan Bersama RISKA (RBR).

"Dari RISKA, kita namanya RBR (Ramadan Bersama RISKA). Akan ada dua event dalam RBR," kata Ketua RBR, Muchammad Iqmal Sungkar kepada Liputan6.com yang ditulis, Kamis (2/5/2019).

Dia menjelaskan kegiatan pertama adalah Tarhib Ramadan yang digelar pada Minggu 28 April 2019. Di sesi ini, beragam acara akan ditampilkan.

"Tarhib Ramadan yaitu acara menyambut bulan Ramadan. Ada acara fun walk, tausiyah, life performance, dan lainnya," ujar dia.

Acara yang berlangsung mulai pukul 06.00 WIB itu digelar di Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta Pusat. Selama sehari penuh, ragam acara terus tersajikan.

"Start dari jam 6 pagi sampai jam 10 malam. Jadi rangakaiannya terus berjalan," ujar dia.

Selain agenda itu, Ramadan Bersama RISKA juga akan menggelar kegiatan lainnya pada 26 Mei 2019. Event kedua tersebut adalah bedah Pesantren Ibtidaul Hasan di Tangerang Selatan.

Iqmal menuturkan, tempat ini dipilih lantaran kondisinya tidak layak. Yang mana tempat menginap para santri masih terbuat dari bilik.

"Lumayan memprihatinkan," ujar dia.

 

Konseling Santri

Remaja Islam Masjid Sunda Kelapa (RISKA) akan menggelar kegiatan di bulan Ramadan yang terbingkai dalam Ramadan Bersama RISKA (RBR). (Dokumentasi RISKA)

Dalam kegiatan itu, akan diselingi denga acara konseling santri, kewirausahaan, games, takjil.

Saat ini, donasi yang terkumpul berjumlah Rp 23.631.111 dari total dana yang dibutuhkan sebesar Rp 443.630.000. Untuk itu, bagi para dermawan yang ingin menyalurkan donasinya, dapat berpartisipasi melalui www.kitabisa.com/pesantrenlayak.

Ia berharap, dua even besar ini akan memberikan pengaruh baik kepada anak bangsa, terutama para remaja agar merajut kembali persaudaraan yang sempat terganggu akibat pesta demokrasi. Atas tujuan ini pula, kegiatan RBR ini mengangkat tema ukhuwan atau persaudaraan.

"Kita angkat tema ini mudah-mudahan di acara ini kita bisa merangkul lagi saudara kita yang terpecah. Sebentar lagi puasa. Udah kita sambut ramadan bareng-bareng, kita jalan bareng lagi di bulan Ramadan," ucap Iqmal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lolos Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Langkah Selanjutnya

Posted: 01 May 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Forum Human Capital Indonesia (FHCI) telah mengumumkan hasil seleksi tahap awal rekrutmen bersama BUMN. Apa yang perlu dilakukan selanjutnya?

Ketua FHCI Herdy Rosadi Rahman menyebut peserta bisa langsung memilih BUMN dan posisi mana yang mereka minati. Ada total 11.000 posisi dan 143 BUMN yang melakukan rekrutmen.

Lebih lanjut, Herdy berkata mesti menyiapkan diri demi menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD). Tes akan terlaksana dalam satu pekan ke depan secara online.

"Tesnya tanggal 8-9. Setiap orang bisa ditentukan di antara dua tanggal itu," ujarnya kepada Liputan6.com pada Kamis (2/5/2019).

Peserta wajib mengingat tanggal dan waktu tersebut. Namun, peserta rekrutmen bersama BUMN mendapat kesempatan untuk melakukan penjadwalan ulang atau rescheduling apabila mereka berhalangan pada waktu yang ditentukan.

"Selama dalam dua hari itu, masih mungkin selama berhalangan, minta ke helpdesk-nya (untuk reschedule)," jelas Herdy.

Informasi lolosnya peserta rekrutmen bersama BUMN serta cara mengambil posisi yang diinginkan bisa dilakukan lewat situs resmi FHCI. Klik di sini untuk mengakses situsnya.

 

Mencari Anak Muda

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Berbeda dari seleksi ASN, karena tes seleksi awal dilakukan secara online, maka pelamar tidak perlu datang ke suatu lokasi kantor.  Perekrutan BUMN juga akan bersifat inklusif. Selain terbuka untuk lulusan SMA hingga S2, para penyandang disabilitas juga akan mendapatkan alokasi rekrutmen. 

"Perekrutan ini juga sebagai wujud pemerataan pembanguman yang berkeadilan. Ada 4 tujuan dalam perekrutan ini yaitu BUMN Employer Branding, standarisasi, efisiensi, dan diversity atau keberagaman," jelas Herdi.

Herdy berharap melalui rekrutmen ini BUMN bisa menjaring anak-anak muda yang inovatif, kreatif, profesional dan dapat menjadi agent of change.

"Kriteria umumnya itu mencari anak-anak yang berkarakter dan inovatif. BUMN ini kita coba deskripsikan secara nilai-nilai: berintegritas, berwawasan kebangsaan, inovatif dan profesionalisme, dia sinergi, kolaborasinya bagus. Nah anak-anak yang punya dimensi itu yang kita sasar," paparnya.

Menteri Rini Ingin Ada Generasi Milenial yang Jadi Pimpinan BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menghadiri Lampung BUMN Festival 2019. Kedatangan Menteri Rini disambut sekitar 2.400 mahasiswa dan alumni serta 1.000 milenial BUMN.

Dalam sambutannya, Menteri Rini mengaku bangga banyak mahasiswa dan alumni universitas di Lampung yang mau menjadi pegawai BUMN. Saat ini dikatakan ada 110 perusahaan BUMN yang membuka 11.000 lowongan kerja.

"Anak-anak saya yang saya banggakan yang mau ikut merekrut diri untuk ke BUMN saya ucapkan selamat datang kepada para mahasiswa se-Lampung. Ini betul-betul mulai tahun ini kita pertama kali melakukan rekrutmen bersama," kata Menteri Rini di Gedung Sumpah Pemuda, Way Halim, Lampung, Jumat (8/3/2019).

"Saya lihat ada 110 perusahaan yang ikut perekrutan ini. Yang milenial bekerja di BUMN senang enggak? Kurang keras, senang enggak? Ke depan BUMN semakin kuat, makin maju. Direksi makin semangat kerjanya," lanjut dia. Menteri Rini kemudian memperkenalkan beberapa direktur utama BUMN yang ikut hadir pada acara ini.

Misalnya, Dirut Wijaya Karya Tumiyana, Direktur Utama Bank BNI Achmad Baiquni, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi. Kemudian Menteri Rini juga memperkenalkan Direktur Utama Perkebunan Siwi Peni, Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaludin, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo, dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman.

"Ada satu lagi saya lupa ada Direktur PT Telkom Ibu Ana.Jadi direksi, Dirut BUMN ada yang perempuan. Jadi bukan hanya yang laki saja. Ini menjadi satu kebiasaan kita bersama. Saya ingin ada dari satu dari kalian yang jadi direktur utama, direktur atau direksi BUMN," ucap Menteri Rini. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Sebut Banjir di Zamannya Bukan Apa-Apa Dibanding Era Ahok

Posted: 01 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi respons Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait banjir di Ibu Kota. Anies mengucapkan terimakasih kepada para mantan Gubernur DKI, tak terkecuali Ahok yang telah memimpin Jakarta dan menghadapi berbagai persoalannya.

"Termasuk Pak Basuki pasti berpengalaman terkait dengan banjir. Apalagi Pak Basuki, karena banjir yang kemarin itu bukan apa-apanya dibanding banjir yang pernah dialami Pak Basuki," ujar Anies di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, banjir kali ini tak separah tahun-tahun sebelumnya dilihat dari indikasi adanya penurunan jumlah pengungsi. Anies menyebut, pengungsi saat ini hanya sekitar 1.600 orang.

"Kalau dulu bisa sampai 200 ribu (orang). Jadi beliau memang pernah mengalami situasi yang sangat sulit dibandingkan dengan apa yang saya alami kemarin," ucapnya.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan, banjir yang terjadi beberapa hari lalu hanya terjadi di bantaran sungai saja. Sebab sudah ada pengendalian air di hulu.

"Jadi memang banjirnya itu di bantaran sungai, karena ada air dari hulu. Belum sampai masuk ke wilayah saringan, belum sampai wilayah pompa," tutur Anies.

Kendati begitu, Anies mengapresiasi saran dari Ahok untuk selalu mengantisipasi hal teknis dalam menangani banjir.

"Nanti kita akan cek juga, tapi poin utamanya adalah kita apresiasi semua perhatian dan Insya Allah semua yang disebut sebagai isu-isu teknis akan selalu diantisipasi dengan baik," jelasnya.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Ahok Sebut Anies Lebih Pintar

Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/4/2016). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bertemu Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi di kediamannya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Pada pertemuan itu, Ahok mengaku hanya bersilaturahmi dengan Prasetio.

"Ngobrol-ngobrol saja," kata Ahok, Selasa (30/4/2019).

Ahok enggan membahas persoalan Jakarta, termasuk masalah banjir. Saat ditanya soal istilah naturalisasi sungai untuk mengatasi banjir yang dicetuskan Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ahok menjawab, "Soal kata-kata gitu, Pak Gubernur sekarang lebih pintar dari saya."

Ahok juga sempat membahas terkait sindiran yang ditujukan pada jalan layang koridor 13. Menurutnya, di Jepang jalan layang sangat banyak digunakan.

"Saya ketawa-ketawa saja, saya enggak tahu yang ngomong siapa, dulu ada yang ngomong ngapain bikin jalan layang, dibongkar. Coba liat di Jepang, kereta api layang di atas loh," ucap Ahok.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Ramadan 2019, Wali dan Artis Nagaswara Luncurkan Album Kompilasi

Posted: 01 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lagi, umat muslim seluruh dunia bakal menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Menyambut bulan suci penuh berkah itu, 14 artis yang bernaung di label Nagaswara Music & Publishing, merilis album kompilasi religi bertajuk Melodi Cinta Ramadhan 2019. Salah satu artis yang terlibat adalah band Wali.

Melalui album religi ini, 14 artis ini berharap bisa menghibur pendengar sekaligus menginspirasi agar bisa berbuat kebaikan selama menjalankan ibadah puasa. Menariknya bagi Wali, album ini sekaligus menjadi momen untuk menyapa para penggemarnya.

"Alhamdulillah, bulan puasa ini kami bisa menyapa kembali para penggemar dengan sajian single terbaru, yang berjudul 'Kuy Hijrah', yang tentunya sudah sangat ditunggu-tunggu para penggemar setia kami," kata vokalis Wali, Faank.

Diharapkan, album berisi lagu-lagu religi ini sanggup menghidupkan hal-hal positif yang dapat membantu kemajuan musik religi di Tanah Air. Selain itu, album ini juga bisa menjadi teman dalam menanti waktu berbuka puasa.

Memanfaatkan Momen

Empat belas artis yang bernaung di label Nagaswara, merilis album kompilasi religi bertajuk Melodi Cinta Ramadhan 2019. (Istimewa)

"Menyambut datangnya bulan Ramadan, kami berusaha memanfaatkan momen tersebut sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan dan berharap album religi kompilasi ini bisa sukses," kata CEO Nagaswara Music & Pusblishing, Rahayu Kertawiguna di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Dikemas melalui CD, album kompilasi Melodi Cinta Ramadhan 2019 berisi lagu-lagu religi dari 14 penyanyi seperti Wali dengan lagu "Kuy Hijrah", Merpati Band dengan single "Mudik", Bebizy dengan lagu "Rezeki Takkan Tertukar", serta 2RT dengan lagu "Hijrah Itu Indah".

Menyusul kemudian Dinda Permata dengan "Takdir", Susi Ngapak dengan "Berikan HidayahMU", Denias dengan "Hijrah Hati", Vito Valnino John dengan "Jalan LurusMu", Sella Selly dengan "Berharap AmpunanMu", Dilza dengan "Mohon AmpuananMU", Datuk Band dengan "Yo Berbagi", DeRama Band dengan "Ampunilah", dan Chiko Kichiro dengan "Syukur Dan Ikhlas".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cabuli Sejumlah Anak Sejak 2018, Pria Paruh Baya di Mamuju Dibekuk Polisi

Posted: 01 May 2019 09:36 PM PDT

Patroli, Mamuju - Pria yang diidentifikasi polisi sebagai predator anak, diringkus aparat Polres Mamuju, Sulawesi Barat. Tersangka melakukan pencabulan terhadap sejumlah bocah di Mamuju sejak tahun 2018. Sejauh ini lima orang tua korban yang rata-rata masih duduk di bangku SD telah melapor ke kepolisian.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (2/5/2019), JR, seorang petani di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, kini harus meringkuk di sel tahanan Polres Mamuju. Pria berusia 49 tahun itu dilaporkan oleh lima orang tua yang mengetahui anaknya telah dicabuli.

Aksi bejat JR ternyata sudah berlangsung sejak tahun 2018. Perilaku itu terungkap setelah ada korban yang mengadu pada orang tuanya. Tersangka mendekati bocah yang rata-rata masih duduk di bangku SD dengan iming-iming uang.

Akibat perbuatan bejatnya, polisi menjerat pelaku dengan ancaman kurungan penjara maksimal 15 tahun, serta denda paling banyak Rp 5 miliar. Kepolisian mengimbau warga agar tidak lalai mengawasi anak-anak saat bermain. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iker Casillas Kena Serangan Jantung, Sara Carbonero Sempat Ketakutan

Posted: 01 May 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Porto - Kiper Porto, Iker Casillas mengalami serangan jantung saat menjalani sesi latihan bersama timnya pada Rabu (1/5/2019). Dia pun langsung dilarikan ke Rumah Sakit CUF Porto untuk mendapat tindakan.

Untungnya, nasib baik masih menghampiri Iker Casillas. Mantan kiper Barcelona itu mendapat penanganan yang tepat dan kondisinya terus membaik.

Kiper berusia 37 tahun itu memberikan kabar terbarunya melalui akun Twitter pribadinya. Casillas menegaskan, dirinya sudah membaik usai mendapat serangan jantung.

"Segalanya di bawah kendali di sini, sangat menakutkan tapi saya merasa kuat. Terima kasih banyak untuk semua pesan-pesan anda dan dukungan anda," cuitnya.

Kondisi Casillas ini sempat membuat istri cantiknya, Sara Carbonero ketakutan. Namun dia bersyukur sang suami masih diberi kesempatan untuk melanjutkan hidup.

"Syukur (Casillas baik-baik saja). Semua sempat ketakutan. Terima kasih banyak atas semua ungkapan kasih sayang dan perhatiannya," tulis Sara Carbonero dalam unggahan itu.

"Seperti yang dikatakan teman baik saya hari ini, 'hidup terkadang punya cara aneh untuk mengingatkan kita agar mensyukuri setiap waktu'," tulis Carbonero, istri Iker Casillas tersebut, melanjutkan.

 

 

Dapat Doa dari Real Madrid

Untung saja tim medis FC Porto bekerja cekatan agar Casillas bisa lewati masa kritis. (AFP/Paul Ellis)

Kabar mengejutkan itu juga terdengar sampai ke mantan klubnya, Real Madrid. Klub asal Spanyol tersebut merupakan tim yang dibela Casillas sebelum memperkuat Porto.

"Real Madrid ingin menawarkan seluruh dukungan kami bagi kapten kami tercinta Iker Casillas. Sepanjang karir profesionalnya, ia selalu mengatasi tantangan-tantangan terberat untuk membawa kejayaan bagi klub kami."

"Ia mengajari kami untuk tidak pernah menyerah dan telah menunjukkan kepada kami beberapa kali bahwa cara terbaik untuk menang adalah tetap sekuat mungkin ketika masa sulit," demikian bunyi pernyataan Real Madrid.

 

Profil Casillas

Lahir di Mostoles, Madrid, Casillas lulus dari akademi Real Madrid dan mencurahkan kariernya di sana sebelum bergabung dengan Porto pada Juli 2015.

Ia telah bertanding 725 kali antara 1999 hingga 2015. Namun, hal itu masih di bawah mantan rekan setimnya Raul, dengan 741 pertandingan, dalam daftar sepanjang masa Real Madrid.

Dalam kurun waktu tersebut, ia memenangi lima gelar La Liga dan tiga mahkota Liga Champions. Penjaga gawang tersebut menikah dengan jurnalis televisi Spanyol, Sara Carbonero, dan mereka dikaruniai dua anak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hardiknas 2019, Menristekdikti Harap 11 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Peringkat Dunia

Posted: 01 May 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan, perguruan tinggi di Indonesia harus bisa menembus peringkat dunia. Hal ini dikatakannya saat menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di Universitas Indonesia (UI), Depok.

Ia berharap, nantinya UI dapat memasuki peringkat 200 besar dunia. Targetnya, tahun 2024 nanti ada 11 perguruan tinggi yang menembus peringkat dunia.

"Universitas Indonesia (UI) sekarang sudah 292, kita ingin dorong bisa masuk di angka 200. ITB di 340, bagaimana kita dorong ke 200. Universitas Gadjah Mada (UGM) 390 bagaimana kita dorong menjadi 200," ucap Nasir saat memperingati Hardiknas di Kampus UI, Depok, Kamis (2/5/3019).

Saat ini, dana yang telah dialokasikan untuk riset sendiri sudah sebesar Rp 950 miliar. Nasir mengaku, dirinya ingin agar tahun 2020 nanti dana yang dialokasikan bisa meningkat.

Khususnya untuk mendorong peningkatan peringkat kelas dunia.

"Kami coba ajukan untuk masuk kelas dunia sekitar Rp 10 triliun dulu. Tahun depan, tahun 2020 nanti," ujarnya.

"Dananya untuk pengembangangan riset, staff mobility, dosen asing ke Indonesia atau sebaliknya Indonesia ke luar negeri, mahasiswa dan semua harus kita lakukan. Riset collaborate," tandas Nasir.

Saat ini, Indonesia memiliki 11 perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH). Namun, yang tercatat masuk 500 besar Quacquarelli Symonds(QS) World University hingga 2019 ini baru tiga universitas.

Yaitu, Universitas Indonesia (UI) pada ranking 292, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada ranking 359, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada ranking 391.

Nasir pun mendorong PTN-BH lainnya agar segera tercatat dalam 500QS.

Berikut daftar 11 PTN-BH di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sumatera Utara (USU).

Universitas Airlangga, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), serta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Resmikan Gedung di UI

Saat acara Hardiknas, Nasir juga meresmikan pembangunan kembali Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI) yang diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center. (Liputan6.com/Ratu)

Saat acara Hardiknas, Nasir juga meresmikan pembangunan kembali Gedung C Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Indonesia (UI) yang diberi nama Mochtar Riady Social & Political Research Center.

Nasir berharap, fasilitas baru ini dapat memajukan penelitian di bidang ilmu politik dan sosial.

"Seiring dengan berkembangnya globalisasi, ilmu politik pun kian maju, menggarisbawahi pentingnya bagi Universitas Indonesia sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia untuk terus mengasah dan memiliki fasilitas terdepan guna mengembangkan program riset unggulannya," tutur Nasir.

Pendiri Grup Lippo dan Penyumbang Gedung, Mochtar Riady menambahkan, dirinya turut berbahagia atas peresmian gedung tersebut. Ia berharap, sumbangannya ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para mahasiswa FISIP UI.

"Sesungguhnya saya sangat berbahagia karena terus diberikan kesempatan untuk memberikan sumbangsih guna melayani masyarakat dan membangun bangsa Indonesia, khususnya bagi kemajuan pendidikan," tutur Mochtar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Frankie de Jong, Bintang Ajax yang Musim Depan Jadi Milik Barcelona

Posted: 01 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Frenkie de Jong sukses membawa Ajax Amsterdam berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di laga pertama semifinal Liga Champions, di kandang lawan, Stadion Tottenham, Selasa (2/5).

Gol kemenangan Ajax memang dicetak oleh Donny van de Beek pada menit 15. Gol itu tercipta dari assist Hakim Ziyech. Namun, sosok yang paling dinilai sentral dalam laga pertandingan tim Ajax Amsterdam adalah Frankie De Jong. 

 

Frenkie De Jong dinilai sebagai gelandang muda potensial dan sangat berpengaruh dalam cara permainannya. Sudah banyak pelatih dan pemain-pemain senior yang mengomentari performa apik Frenkie De Jong sebagai gelandang cerdas yang mampu mengatur ritme permainan tim.

Kecepatan, kekuatan, visi, olah bola baik hingga penempatan posisi yang tepat membuat Frenkie de Jong adalah gambaran gelandang komplit yang dibutuhkan sepakbola modern dewasa ini. Ia pintar membawa gaya main lawan, tau apa yang harus dilakukan baik dengan bola maupun pergerakan tanpa bola.

Berikut lima fakta menarik Frankie de Jong bintang muda Ajax yang pindah ke Barcelona musim depan, Kamis (5/2/2019).

Gelandang Muda Modern

Pemain Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong (kanan) (AP/Peter Dejong)

Pemain kelahiran Arkel, 12 Mei 1997, merupakan jelmaan dari gelandang tengah modern masa kini. Pemain berpaspor Belanda ini tipikal seorang pemain belakang pencipta ruang yang bahkan diakui langsung oleh Xavi Hernandez, eks gelandang Barcelona yang dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik dunia.

Ia bukan sepenuhnya jebolan akademi Ajax, ia bergabung dengan Willem II dari usia yang sangat belia dan baru pindah ke De Toekomst pada tahun 2015 lalu. Meskipun ia adalah seorang gelandang murni, pelatih Ajax musim ini Erik ten Hag telah secara intuitif menempatkannya dia di jantung pertahanan.

 

Punya Passing Akurat

Frenkie de Jong setelah menyingkirkan Real Madrid dari Liga Champions 2018-2019. (AFP/Gabriel Bouys)

Pemain bertinggi badan 180 cm tersebut dikenal sangat lincah dan sangat kuat menguasi bola. Walau tidak memiliki tubuh kekar, bola akan sulit direbut dari kakinya.

Tidak hanya penguasaan bola di atas rata rata, Frenkie De Jong juga dikenal sebagai pemain yang memiliki akurasi passing yang sangat akurat dan kemampuan membaca permainan serta tekel-tekel yang sangat mumpuni.

 

Ke Barcelona Mulai 1 Juli 2019

Frenkie de Jong resmi gabung dengan Barcelona (ANGELOS TZORTZINIS / AFP)

Raksasa La Liga, Barcelona akhirnya menjadi pemenang dalam perburuan gelandang muda Frenkie de Jong setelah mereka resmi mengumumkan kesepakatan transfer dengan pemain Ajax Amsterdam tersebut. Lewat laman resmi mereka, Barcelona menyatakan bahwa de Jong baru akan bergabung dengan tim Catalan tersebut mulai musim panas mendatang, tepatnya mulai 1 Juli 2019.

Barca menggaet De Jong dengan biaya mencapai 75 juta euro plus 11 juta euro dalam bentuk bonus. Gelandang 21 tahun itu mendapat kontrak selama lima tahun atau hingga musim panas 2024 mendatang. Artinya, Frankie De Jong siap bertandem dengan Messi yang juga merupakan salah satu idolanya.

Tak Yakin Masuk Tim Inti Barcelona

Gelandang Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong menggiring bola selama latihan tim di Allianz Stadium, Turin Italia (15/4). Pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions Juventus dan Ajax bermain imbang 1-1 di Amsterdam. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Menariknya, Frenkie de Jong merasa tak yakin bisa menembus skuat utama Barcelona pada musim perdananya membela klub tersebut. Ia mengaku siap untuk menanti kesempatan untuk bisa menjadi bagian penting dari Blaugrana.Lini tengah Barcelona disesaki dengan para pemain kelas dunia, mulai dari Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Arturo Vidal, hingga Arthur Melo.

Namun, hal itu yang membuat de Jong tak terlalu berharap bakal langsung mendapat kesempatan bermain reguler di skuat Ernesto Valverde musim depan. "Saya tidak berharap langsung menjadi pemain inti di Barcelona," ujar de Jong.

Calon Gelandang Terbaik Dunia

Gelandang muda Ajax Amsterdam, Frenkie De Jong. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Posisi ideal Frenkie De Jong adalah gelandang tengah. Secara umum pun zona permainan Frenkie De Jong berada di zona tengah lapangan dengan posisi inti gelandang, namun Frenkie De Jong juga mahir berposisi sebagai bek tengah yang cerdas dan hebat. Bahkan ada yang menyebutnya bakal sanggup menggantikan Andres Iniesta di skuat Barcelona.

Gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum memuji skill Frenkie De Jong dan menyebut kehadirannya membuat permainan timnas Belanda jadi lebih baik. Ia juga menyebut Frenkie De Jong membuat Belanda tampil lebih baik. Sebab ia mampu menjadi jembatan yang sangat baik antara lini tengah dan belakang.

Wijnaldum kemudian menyebut Frenkie De Jong sebagai sosok pemain yang sangat spesial. Ia juga menyebut Belanda dan Ajax bak mendapat berkah karena diperkuat pemain sehebat anak muda tersebut. Tak ayal banyak yang beranggapan bahwa Frenkie De Jong merupakan calon terkuat gelandang terbaik dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Foto Jadul Artis Pemeran Avengers: Endgame, Bikin Nostalgia

Posted: 01 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film superhero Avengers: Endgame masih bertengger menjadi film terlaris di Tanah Air sejak perilisan perdananya pada Rabu (24/4/2019). Dilansir Liputan6.com dari Polygon, Kamis (2/5/2019), Avengers: Endgame meraup USD miliar atau setara dengan Rp 14,4 triliun hanya dalam lima hari secara internasional. 

Avengers: Endgame juga menulis sejarah baru sebagai film ke delapan Marvel Studios yang meraup USD 1 miliar (Rp 14,1 triliun). Sebelumnya ada Captain Marvel yang juga menembus angka tersebut.

Berkat ketenarannya itu, otomatis para pemeran Marvel Cinematic Universe (MCU) juga mendapat penghasilan yang fantastis. Kekayaan bintang Avengers: Endgame dikabarkan ada yang melewati angka USD 100 juta (Rp 1,4 triliun).

Namun, sebelum deretan para bintang superhero itu menjadi sekaya sekarang ini, mereka dulunya meniti karier dengan peran-peran kecil mereka. Sedari muda, deretan bintang Marvel sudah pasti pernah menjajal pahit manisnya industri hiburan.

Nah, untuk itu berikut ini Liputan6.com paparkan 9 foto jadul para pemeran Avengers: Endgame yang dijamin bakal bikin nostalgia, seperti yang dihimpun dari INSIDER, Kamis (2/5/2019).

1. Chris Hemsworth sebagai Thor

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

2. Chris Evans sebagai Captain America

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

3. Robert Downey Jr. sebagai Tony Stark (Iron Man)

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

4. Mark Ruffalo sebagai Hulk

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

5. Scarlett Johansson sebagai Black Widow

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

6. Brie Larson sebagai Captain Marvel

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: Buzz Feed)

7. Chris Pratt sebagai Star-Lord

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

8. Benedict Cumberbatch sebagai Doctor Strange

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

9. Tom Holland sebagai Spider-Man

Foto Jadul Pemeran Avengers: Endgame (Sumber: INSIDER)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil Anak Kedua, Rachel Vennya Salahkan Suami

Posted: 01 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram Rachel Vennya kembali berbagi kabar bahagia tentang keluarganya. Istri dari Niko Al Hakim ini sedang mengandung buah hatinya yang kedua.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Rachel Vennya melalui akun Instagram pribadinya. Ia berbagi kabar ini dengan keterangan yang menggelitik.

"Yang tabah ya Bi.. #salahinayah," tulis Rachel Vennya sebagai keterangan foto, Rabu (1/5/2019).

Dalam fotonya, Rachel Vennya memperlihatkan hasil test pack bertuliskan pregnant, yang berarti hamil. Background fotonya sendiri adalah anak pertama Rachel, Xabiru, yang sedang menangis.

Selisih Umur Berdekatan

[Foto: Instagram Rachel Vennya]

Usia anak pertama Rachel Vennya sendiri terbilang cukup dini, yakni satu tahun. Saat anak keduanya lahir, maka otomatis usianya akan berdekatan dengan sang kakak.

Dalam waktu singkat unggahan ini telah dibanjiri oleh lebih dari 800 ribu penyuka dan lebih dari 40 ribu komentar. Mereka memberi doa dan selamat atas kehamilan kedua Rachel Vennya.

Respons

Rachel Vennya (Sumber: instagram.com/rachelvennya)

"Waaaa biru mau punya adik. Gapapa pasti biru nanti jadi kakak yang penyayang. Congrats yaa," kata pemilik akun Instagram @ninaseptiani.

"Alhamdulillah lancar lancar sehat ya dek," kata sahabatnya, Natasha Rizky.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pendiri Wikileaks Divonis 50 Pekan Penjara

Posted: 01 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengadilan Inggris menjatuhkan vonis 50 pekan penjara kepada pendiri Wikileaks, Julian Assange.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BPS: Inflasi 0,44 Persen di April, Dipicu Kenaikan Harga Pangan

Posted: 01 May 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada April 2019 sebesar 0,44 persen. Dengan demikian, inflasi sejak Januari hingga April 2019 tercatat sebesar 0,8 persen.

"Perkembangan harga secara umum naik di April 2019. Dari pantauan 82 kota, inflasi tercatat sebesar 0,44 persen. Agak tinggi," ujar Kepala Suhariyanto di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Kamis (2/5/2019).

 Sementara itu, inflasi dari tahun ke tahun tercatat sebesar 2,83 persen. Angka tersebut masih sesuai dengan target pemerintah tahun ini pada angka 3,5 persen.

"Secara umum inflasi selama April 2019 terkendali dengan adanya sejumlah komoditas mengalami peningkatan," kaya Suhariyanto.

Dari 82 kota, Medan mencatatkan inflasi tertinggi sebesar 1,3 persen dan terendah dicatatkan oleh Pare-pare sebesar 0,3 persen. Sedangkan deflasi tertinggi dicatatkan oleh Manado -1,27 persen dan terendah maumere -0,04 persen.

"Penyebab utama inflasi April adalah kenaikan harga bahan makanan, transportasi, komunikasi dan jasa keuangan," tandasnya.

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Ekonom Prediksi Inflasi 0,32 Persen pada April 2019

Pembeli membeli sayuran di pasar, Jakarta, Jumat (6/10). Dari data BPS inflasi pada September 2017 sebesar 0,13 persen. Angka tersebut mengalami kenaikan signifikan karena sebelumnya di Agustus 2017 deflasi 0,07 persen. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ekonom prediksi inflasi April 2019 sebesar 0,32 persen dan secara year on year (YoY) mencapai 2,71 persen. Inflasi April didorong dari volatilitas harga pangan jelang Ramadan.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, peningkatan laju inflasi secara bulanan dan tahunan ditopang oleh kenaikan laju inflasi harga bergejolak yang didorong oleh kenaikan beberapa harga komoditas pangan.

Komoditas pangan itu antara lain bawang putih (37,4 persen Month on Month/MoM), cabai merah sebesar 13,6 persen MoM, daging ayam sebesar 2,6 persen MoM, bawang merah sebesar 19,9 persen MoM, dan telur 0,3 persen MoM.

Terdapat juga komoditas pangan yang mengalami tren penurunan sepanjang April seperti harga beras yang tercatat turun 0,95 persen MoM dan daging sapi merosot 0,14 persen MoM.

"Di samping kenaikan laju inflasi harga bergejolak, inflasi juga didorong oleh kenaikan inflasi kelompok transportasi sejalan dengan perubahan tarif transportasi udara," ujar dia dalam catatannya, Kamis (2/5/2019).

Sementara itu, inflasi inti diperkirakan stabil di kisaran 3,03 persen YoY mengingat ekspektasi inflasi dari sisi permintaan cenderung terkendali ditopang oleh stabilnya nilai tukar rupiah sepanjang April lalu.

Josua menuturkan, puncak inflasi akan terjadi pada Mei, Juni, dan Juli. Meski demikian, inflasi masih tetap terkendali hingga akhir 2019. Diperkirakan inflasi di kisaran 3-3,5 persen hingga akhir 2019.

Ini mempertimbangkan pengendalian harga pangan akan terus dikoordinasikan di tingkat nasional dan daerah melalui forum TPI nasional dan tingkat pengendalian inflasi daerah (TPID) sehingga tidak terdapat lonjakan harga karena penurunan suplai.

"Selain itu, inflasi harga diatur pemerintah juga diperkirakan akan tetap stabil dalam rangka menjaga daya beli masyarakat. Inflasi akan terkendali hingga akhir tahun," tutur dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hindari Razia Polisi Pengendara Motor Melawan Arus

Posted: 01 May 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menghindari razia polisi dalam rangka Operasi Mantap Jaya, puluhan pengendara motor di jalan Pramuka nekad melawan arus. Tindakannya sangah membahayakan diri dan pengendara lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tepis Hoaks, Kapolri Tegaskan Tak Pernah Perintahkan Tembak Mati Rizieq Shihab

Posted: 01 May 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jendral Tito Karnavian menegaskan, informasi di media sosial terkait perintahnya menembak mati pengganggu kedaulatan NKRI sekalipun cucu nabi, adalah berita bohong alias hoaks. Dalam hoaks tersebut juga dikaitkan dengan seruan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab melakukan gerakan people power.

"Ada beberapa hoaks yang mengatasnamakan saya. Contohnya perintah Kapolri tembak di tempat meskipun itu cucu nabi, tidak pernah saya katakan itu. Tidak ada pernyataan mengenai itu," tegas Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2019).

Tito menyebut, pihaknya kini sedang menelusuri pembuat hoaks tersebut. Terlebih, dia merasa ada upaya adu domba antara pihak kepolisian dengan umat Islam.

"Prinsip bagi Polri, kalau ada gerakan massa (terkait people power), kita akan menangani prosedur yang berlaku secara proporsional. Mulai yang ringan, yang persuasif, sampai pada hal yang koersif, upaya paksa sesuai aturan yang berlaku baik di nasional, internasional," jelas Tito.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Hoaks Beredar

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memberi sambutan saat memimpin Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru dan Pemilu 2019, Jakarta, Jumat (30/11). Apel diikuti 50.000 personel dari AD, AL, AU, dan Polri. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, sebuah artikel berjudul "HRS Akan Kerahkan People Power, Polri: Kami Siap Tembak 'Mati' Perusuh NKRI Sekalipun Itu Cucu Nabi" beredar di media sosial.

Informasi itu beredar di Facebook, Blog, hingga Instagram. Di dalamnya berisikan pernyataan Tito yang mendorong adanya rekonsiliasi kubu Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai Pilpres 2019.

Seruan gerakan People Power pun dinilai tidak tepat dan bisa disalahgunakan untuk mengganggu kedaulatan NKRI.

Dalam naskahnya pun tertulis bahwa Tito telah memberikan instruksi kepada anak buahnya agar tidak segan menembak mati Rizieq Shihab.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan SDM, Pemerintah Siapkan Insentif Bagi Pelaku Industri

Posted: 01 May 2019 09:26 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah menyiapkan insentif super deductible tax bagi para pelaku industri. Dengan adanya insentif ini diharapkan pelaku industri dapat terdorong untuk terlibat dalam kegiatan pengembangan SUmber Daya Manusia (SDM) berupa pendidikan dan pelatihan vokasi serta aktif melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan.

Fasilitas ini diyakini bakal menciptakan tenaga kerja industri yang kompeten serta menghasilkan inovasi produk. Selain itu, pengembangan SDM merupakan salah satu momentum Indonesia untuk mengambil peluang dengan adanya bonus demografi hingga tahun 2030.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, regulasi tersebut nantinya tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP). Aturan ini berlaku apabila perusahaan bekerja sama dengan SMK, dengan memberikan pelatihan dan pembinaan vokasi serta penyediaan alat industri hingga kegiatan pemagangan.

"Misalnya, perusahaan menghabiskan biaya Rp 1 miliar, maka pemerintah akan memberikan pengurangan terhadap penghasilan kena pajak sebesar Rp 2 miliar kepada perusahaan tersebut dalam periode tertentu," jelas Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis (2/5/2019).

Menperin pun meyakini, program penyediaan tenaga kerja yang kompeten menjadi magnet bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dalam hal ini, Kemenperin memfasilitasi pembangunan politeknik dan akademi komunitas di kawasan industri. "Tumbuhnya industri juga akan menambah lapangan kerja. Ini yang dapat mendorong perekonomian nasional," terangnya.

 

Investasi Industri Manufaktur Terus Meningkat

PT Honda Prospect Motor terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produknya.

Kemenperin mencatat, investasi di sektor industri manufaktur pada tahun 2014 sebesar Rp 195,74 triliun, naik menjadi Rp 226,18 triliun di tahun 2018. Serapan tenaga kerja di sektor industri juga ikut meningkat, yakni dari 15,54 juta orang pada tahun 2015 menjadi 18 juta orang di tahun 2018 atau naik 17,4 persen.

Melalui program-program strategis yang sedang dijalankan, Kemenperin optimistis memasang target pertumbuhan industri nonmigas sebesar 5,4 persen pada tahun 2019.

Adapun sektor-sektor yang diproyeksikan tumbuh tinggi, di antaranya industri makanan dan minuman (9,86 persen), permesinan (7 persen), tekstil dan pakaian jadi (5,61 persen), serta kulit barang dari kulit dan alas kaki (5,40 persen).

 

Reporter : Wilfridus Setu Embu

Sumber : Merdeka.com

Kemenperin Bantah Indonesia Alami Deindustrialisasi

Glory 580 dikatakan sebagai penantang SUV asal Jepang.(Herdi/Liputan6.com)

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membantah jika Indonesia tengah mengalami fase deindustrialisasi. ‎Meski saat ini pertumbuhan industri menurun dan berada di bawah pertumbuhan ekonomi.

Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar mengatakan, salah satu gejala dari deindustrialisasi yaitu penurunan kontribusi industri terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional. Meski terjadi penurunan, namun kontribusi industri terhadap PDB masih cukup besar yaitu sekitar 22 persen.

‎"(Gejala deindustrialisasi) Pertama, kontribusi industri terhada PDB sangat rendah, artinya menurun drastis. Ini sekarang kan masih cukup tinggi. Memang secara persentase agak turun, tetapi kan ekonomi sudah tumbuh, investasi jalan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Kemudian, gejala lain dari deindustrialisasi yaitu penurunan jumlah dan penyerapan tenaga kerja di sektor industri. Menurut Haris hal tersebut juga tidak terjadi saat ini.

"Kedua, dari sisi tenaga kerja dia mengalami penurunan. Sekarang kita tiap tahun masih butuh tenaga kerja yang besar. Kita selalu ada program link ank match. Artinya kebutuhan tenaga kerja di industri itu besar. Cuma masalahnya tidak link dan tidak match dengan kebutuhan industri. Tahun ini kita sudah sekitar 18 juta tenaga kerja (di industri) dan tiap tahun diharapkan terjadi penyerapan tenaga kerja sekitar 600 ribu orang," jelas dia.

Melihat dua hal ini, lanjut Haris, pernyataan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto terkait deindustrialisasi yang disebut tengah melanda Indonesia tidak terbukti. Selain itu, industri Indonesia juga masih punya potensi untuk tumbuh dengan masuknya era revolusi industri ke-4 (industri 4.0).

"Dengan dua hal itu, tidak terbukti deindustrialisasi.‎ Mereka kan hanya mendengar orang-orang yang ngomong. Tetapi yang ngomong orang yang tidak mengerti industri," tandas dia.

Saksikan video terkait di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Grand Final LIDA 2019 Indosiar, Pertarungan 3 Peserta Rebut Gelar Juara, Kamis Malam Ini

Posted: 01 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebentar lagi dunia musik dangdut akan mendapatkan juara LIDA 2019 atau Liga Dangdut Indonesia 2019. Indosiar akan menggelar konser Grand Final LIDA 2019, Kamis (2/5/2019) malam ini mulai pukul 18.30 WIB.

Sejak digelar konser LIDA 2019, beberapa bulan lalu, sudah tampil para peserta dari 34 propinsi menunjukkan talenta bernyanyi dangdut, setiap malam di Indosiar. Dan, kini kompetisi penyanyi dangdut ini bakal segera menghasilkan juaranya. 

Ada 3 peserta yang akan berlaga yaitu Faul (Aceh), Sheyla (Maluku) dan Puput (Sulawesi Selatan). Mereka akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 LIDA 2019, dengan mendapatkan hadiah uang tunai serta kontrak menyanyi di televisi.

 

Magnet Host dan Dewan Juri

LIDA 2019 Top 64 (Indosiar)

Tak dipungkiri selain talenta keren para peserta, magnet lain dalam LIDA 2019 adalah kehadiran host dan para juri. Pemirsa bukan saja disuguhkan panggung musik dangdut tapi juga keseruan komentar para juri dan kocaknya para host memandu acara. 

Dan, di malam Grand Final LIDA 2019 ini semua elemen menarik itu tentu saja kembali dihadirkan. Mengutip dari keterangan pers yang diterima redaksi, Kamis malam ini di Grand Final LIDA 2019 yang tampil yaitu:

Host:

- Ramzi

- Irfan Hakim 

- Gilang Dirga

- Jirayut

 

Dewan Juri:

- Nassar

- Dewi Perssik

- Inul Daratista

- Zaskia Gotik

-Soimah

- Fashion Guru: Carend Delano

Bintang Tamu dan Kolaborasi

LIDA 2019. (Indosiar)

Konser Grand Final LIDA 2019 di Indosiar live dari studio Emtek City, Jakarta Barat, Kamis malam ini juga dimeriahkan dengan penampilan bintang tamu dan kolaborasi menarik. 

Mereka adalah D'Divo (Fildan DAA, Reza Da, Ical DA) dan D'Diva (Rara LIDA, Lesty DA, Selfi DAA). Menariknya kemasn kolaborasi malam ini menghadirkan penyanyi papan atas non dangdut. Ada Judika dan 2 Diva yaitu Rossa serta Ruth Sahanaya.

Panggung Grand Final LIDA 2019 juga dimeriahkan penampilan kembali para peserta yang tidak lolos ke babak final. Mereka adalah Top 12 yaitu kubu Faul (Cut, Angga, Nirwana, Fikoh dan Kiki). Kubu Puput (Hanan dan Beni) serta kubu Sheyla (Yusuf dan Alif). 

Sejumlah peserta di segmen panel provinsi juga melengkapi kemeriahan Kamis malam nanti. Yaitu Nabila LIDA, Rara LIDA (mewakili Sumatera). Ada Rafly DA dan Ical DA (Sulawesi). Termasuk Shelly Gomes, Ali Akbar SUCA (Maluku). 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak yang Meninggal, Polres Temanggung Cek Kesehatan Petugas PPK

Posted: 01 May 2019 09:18 PM PDT

Fokus, Temanggung - Tim ‎kedokteran dan kesehatan Polres Temanggung, Jawa Tengah, menggelar pemeriksaan kesehatan bagi petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan petugas pengamanan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (2/5/2019), pemeriksaan dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya korban dalam proses penghitungan surat suara.

Mengingat banyaknya petugas yang meninggal dunia dan sakit akibat kelelahan.

Sementara di Sumatra Barat, seorang Ketua KPPS di Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman meninggal dunia. Isrianto meninggal setelah menderita sakit dan sempat dirawat di rumah sakit selama tiga hari.

Rumah keluarga masih kedatangan sejumlah kerabat yang melayat.

Almarhum meninggalkan tiga orang anak dan satu istri. Hingga Rabu sore, jumlah petugas KPPS yang meninggal total 377 orang dan sakit 2.912 orang. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walikota Bitung Jadi Inspektur Upacara di Hari Pendidikan Nasional

Posted: 01 May 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kemendikbud melalui Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, dalam upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional di Kota Bitung, menyampaikan mengenai perkembangan pendidikan. 

Lomban hadir bersama Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri. Dalam upacara tersebut, Loban bertindak sebagai inspektur upacara dan mengatakan bahwa bangsa ini masih memberi kesempatan untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional. "Sebagaimana diketahui tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki hajar Dewantara."

"Tokoh pahlawan nasional sekaligus Bapak Pendidikan Nasional,perlu kita ketahui bersama bahwa terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita," kata Lomban

Lanjutnya, sebagaimana disampaikan oleh presiden, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan sumber daya manusia, di sini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya.

Terkait itulah, tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Sementara dunia pendidikan bergerak dapat mempengaruhi cara hidup, bekerja, dan belajar.

Lomban berharap melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, bangsa bisa lebih konsentrasi melihat potensi pendidikan nasional, untuk membangun sumber daya manusia yang dilandasi karakter kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

Lomban juga memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan di semua jenjang. "Para pegiat paud, pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan, dan memberikan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat," katanya. 

Turut hadir, Ketua TP PKK Kota Bitung, Para Asisten, Staf Ahli dan perangkat Daerah di Lingkungan Pemkot Bitung, Dirut PDAM,para Camat, kepala TK, SD, SMP, dan Guru-guru, Siswa, Mahasiswa, Pramuka, dan Staf khusus di lingkungan Dinas Pendidikan.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona vs Liverpool: Coutinho Dapat Siulan, Messi Berang

Posted: 01 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi mencetak dua gol saat Barcelona menang 3-0 atas Liverpool di Camp Nou Stadium, Rabu (1/5/2019) atau Kamis dini hari WIB pada leg pertama semifinal Liga Champions.

Kendati menjadi pahlawan kemenangan, Messi terlihat kesal dengan fans Barcelona. Dia kesal ketika para fans bersiul ke arah Philippe Coutinho yang ditarik keluar pada menit ke-60.

Coutinho memang sedang menjadi sasaran kritik fans Barcelona. Terlebih pada, 17 April lalu, Coutinho memberikan gestur menutup telinga sangat mencetak gol ke gawang Manchester United di Camp Nou.

"Ini bukan waktunya untuk memberikan kritik kepada siapa pun. Siulan untuk Coutinho itu sangat buruk. Kami harus bersama-sama," ucap Messi, seperti dilansir dari Marca.

"Ini merupakan waktu kita untuk lebih bersatu dari sebelumnya, baik pemain atau penggemar," kata bintang Barcelona berkebangsaan Argentina tersebut.

 

Waspadai Leg Kedua

Aksi Luis Suarez saat dihadang Joel Matip pada leg 1, babak semifinal Liga Champions yang berlangsung di Stadion Camp Nou, Barcelona, Kamis (2/5). Barcelona menang 3-0 atas Liverpool. (AFP/Javier Soriano)

Memiliki defisit tiga gol membuat Messi tetap waspada. Sebab, leg kedua semifinal Liga Champions bakal berlangsung di Anfield Stadium, kandang Liverpool yang terkenal sangat angker.

Pasalnya, Liverpool tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan di Anfield Stadium. The Reds mencatatkan 16 kemenangan dan tiga hasil imbang di semua kompetisi.

"Laga tidak diputuskan di sini (Camp Nou). Kami akan pergi ke stadion bersejarah dan itu akan menuntut banyak permainan keras. Namun, saya sangat puas menang 3-0," ujar Messi.

 

Hasil Liga Champions

Berikut hasil leg pertama semifinal Liga Champions:

Tottenham Hotspur 0-1 Ajax Amsterdam

Barcelona 3-0 Liverpool

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hitungan Terbaru KPU, 380 Petugas KPPS Meninggal

Posted: 01 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jumlah Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS terus bertambah. Hingga hari Rabu (1/5), KPU mencatat jumlah anggota KPPS yang meninggal menjadi 380 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Pakaian dari Sarung Bantal saat Jadi Narapidana, Pria Ini Sukses Jadi Desainer

Posted: 01 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di penjara bukanlah batasan seseorang untuk berkembang atau mengasah kreativitas. Seperti kisah seorang pria yang justru berhasil menjadi desainer sukses setelah dipenjara. Ia adalah Rashod Stanley, tahanan sebuah penjara di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, yang viral karena membuat pakaian di balik jeruji penjara. 

Pada 18 Oktober 2016, Rashod Stanley secara resmi dipenjara setelah dinyatakan bersalah atas beberapa tuduhan perampokan dan penyerangan. Menurut Departemen Pemasyarakatan Georgia, ia dijatuhi hukuman maksimum dua puluh tahun penjara.  

Rashod tiba-tiba viral karena sebuah postingan di media sosial tentang dirinya sedang memamerkan hasil karyanya.

Sebuah video yang Rashod unggah di akun Instagram bernama 2500 Shod menampilkan dirinya sedang memperlihatkan pakaian buatannya. Kreatif banget.  "You wouldn't believe what I made this one out of," tulis Rashod sebagai keterangan video. Unggahan tersebut lantas telah disaksikan hingga ratusan ribu kali.

Memanfaatkan Bahan yang Ada

Rashod Stanley (sumber: instagram: @2500shod)

Saat dipenjara ia memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dalam sel seperti sarung bantal dan seragam, lalu menyulapnya menjadi jaket bergaya urban atau polo shirt modis. 

"Saya mau orang-orang tahu cerita saya. Saya ingin menginspirasi orang lain untuk membuat sesuatu dari yang bukan apa-apa dan memaksimalkan potensi diri tanpa mengeluh," ujar Rashod seperti yang Liputan6.com lansir dari Your Yango, Kamis (2/5/2019).

Mengingat benda-benda tajam dilarang di dalam sel, Rashod hanya bisa menjahit dengan menggunakan benang gigi dan penjepit kertas. Cita-citanya adalah membuat merek fashion yang terjangkau untuk semua kalangan, namun tidak kalah modis dengan brand terkenal.

"Saya juga ingin mendirikan sebuah organisasi nirlaba bagi komunitas berpendapatan rendah di Altanta dan mengekspansinya secara nasional," kata Rashod.

Punya Brand Fashion Sendiri

Sekarang Rashod telah memiliki brandnya sendiri dan bahkan sukses mengikuti ajan Fashion Week. Pada 2015, Rashod Stanley membuat brandnya sendiri bernama The Trenches. The Trenches adalah brand yang masuk dalam kategori streetwear.

Ia juga mendesain branding dan logonya sendiri. Karena produknya sangat populer Stanley membuka toko kecilnya sendiri di Atlanta, yang sangat populer di kalangan penduduk setempat dan wisatawan.

Menurut Departemen Pemasyarakatan Georgia, adalah ilegal bagi seorang narapidana untuk "menghancurkan properti negara," yang berarti bahwa mereka tidak dapat merusak, merobek, atau mengubah pakaian mereka sebelum dikeluarkan penjara. Tapi aksi Rashod ini justru menjadi perharian para petugas penjara.

Rashod membagikan video di halaman Instagram-nya, yang menunjukkan dia mendapatkan ijin atau laporan disiplin, karena menciptakan brand fashion dari pakaian yang secara teknis, milik Negara Georgia. Hal positif yang dilakukan Rashod ini juga membuatnya masuk dalam daftar pertimbangan untuk bebas bersyarat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Frenkie de Jong Ingin Bertemu Barcelona di Final Liga Champions

Posted: 01 May 2019 09:13 PM PDT

Jakarta - Selangkah lagi Ajax Amsterdam akan tampil di final Liga Champions. Di laga semifinal pertama, bermain di kandang lawan, mereka menang 1-0.

Gelandang Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong, pun berharap timnya lolos ke final Liga Champions dan bersua Barcelona. Dia pun siap membawa Ajax membungkam Barca, sekaligus meraih trofi Liga Champions.

Namun, memang, masih ada satu pertandingan lagi yang harus mereka mainkan. Namun, bermain di kandang sendiri, pekan depan, rasanya tak mudah bagi Ajax mengamnkan tiket mereka.

Andai berhasil melewati hadangan The Lilywhites, Frankie de Jong dan kawan-kawan bakal bersua pemenang antara Barcelona versus Liverpool. De Jong pun berharap Los Cules yang akan lolos ke final Liga Champions musim ini.

Di laga pertama, di kandang sendiri, Barcelona menang 3-0.

"Final melawan Barca akan menjadi istimewa. Tetapi, pada saat yang sama saya tidak keberatan dengan siapa kami bertanding. Ketika saya masih menjadi pemain Ajax, saya ingin Ajax menang," ujar Frankie de Jong.

Habis-Habisan

5. Frenkie de Jong (Ajax Amsterdam) – Pemain muda Belanda ini resmi menjadi milik Barcelona setelah diboyong dengan nilai transfer 75 juta euro. Gelandang berusia 21 tahun tersebut akan berlabuh ke Camp Nou pada musim panas mendatang. (AFP/John Thys)

Jika berhadapan dengan Barcelona, De Jong mengaku siap habis-habisan. "Saya tidak memiliki masalah mencoba untuk mengalahkan Barca, seperti yang kami lakukan terhadap Real Madrid (menang 4-1 di Santiago Bernabeu)," tambah De Jong.

Frenkie de Jong resmi angkat kaki dari Ajax Amsterdam dan akan bergabung dengan Barcelona pada musim panas tahun ini. Pemain 21 tahun itu ditebus Barca dengan banderol 75 juta euro (Rp 1,1 triliun).

 

Jadwal Ajax vs Tottenham

Kamis, 9 Mei

02.00 WIB, Ajax vs Tottenham

Stadion Amsterdam Arena

Live RCTI

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hardiknas, Jokowi: Pendidikan adalah Perjalanan Panjang Sebuah Bangsa

Posted: 01 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Ucapan ini dia unggah di akun instagramnya, @Jokowi pada Kamis, (2/5/2019).

Di akun instagramnya, Jokowi mengunggah gambar karikatur proses belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD). Jokowi pun menulis bahwa pendidikan adalah perjalanan panjang sebuah bangsa untuk membangun identitas.

"Pendidikan adalah jalan panjang yang ditempuh sebuah bangsa yang menghadapi tantangan untuk membangun identitas, karakter, dan martabatnya," tulis Jokowi dalam akun instagramnya.

Sementara, saat memperingati Hardiknas ini, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengungkap bahwa saat ini hanya 34,58 persen masyarakat yang memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi.

Artinya, dari 4.741 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia, sebanyak 65,5 persen penduduk usia kuliah belum bisa menikmatinya.

Ia berharap, Hari Pendidikan Nasional 2019 kali ini dapat menandai peningkatan pada angka tersebut.

 

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Paul Pogba Jual Sepatu Untuk Amal, Terjual 476 Juta

Posted: 01 May 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paul Pogba jual sepatu yang ia pakai saat mengantar Timnas Prancis juara di Piala Dunia 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Barcelona vs Liverpool: Indahnya Gol Ke-600 Messi untuk Blaugrana

Posted: 01 May 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona mengawali semifinal Liga Champions dengan sempurna. Pada leg pertama di Camp Nou Stadium, Los Blaugrana, sebutan Barcelona, menang 3-0 atas Liverpool.

Dalam laga ini, Barcelona membuka keran gol mereka pada menit ke-26. Umpan mendatar Jordi Alba berhasil dituntaskan dengan baik oleh Luis Suarez untuk menjebol gawang mantan timnya.

Tim asuhan Ernesto Valverde itu harus menunggu hingga menit ke-75 untuk mencetak gol. Lionel Messi mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan sepakan Luis Suarez yang mengenai mistar gawang.

Tujuh menit setelahnya, Messi mencatatkan gol kedua melalui tendangan bebas. Gol ini menjadi sejarah besar untuk Messi dan Barcelona. Ya, itu merupakan gol ke-600 Messi untuk Los Blaugrana.

Leg kedua antara Liverpool vs Barcelona akan berlangsung pada Rabu (8/5/2019) dini hari WIB di Anfield. Liverpool harus menang 4-0 jika ingin lolos ke final.

Pujian Valverde

Bintang Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool, Kamis (2/5/2019) dini hari WIB. Barcelona menang 3-0 di Estadio Camp Nou.  (AFP / Javier Soriano)

Usai pertandingan, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengatakan, Messi tak pernah meragukan. Valverde menyebut pemain Timnas Argentina itu selalu menjadi kunci keberhasilan Barcelona.

"Dia adalah kapten tim ini dan sosok yang membuat dampak yang menentukan," kata Valverde.

Cuplikan Video

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Siap Bikin Jaringan Internet Sendiri, Ikut Jejak China?

Posted: 01 May 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Rusia sepertinya sudah selangkah lebih dekat untuk menciptakan jaringan internet sendiri yang independen -- setidaknya secara hukum.

Menurut dokumen yang diposting di portal pemerintah pada Rabu 1 Mei 2019, Presiden Rusia Vladimir Putin disebutkan telah menandatangani undang-undang berisi langkah baru yang memungkinkan penciptaan jaringan nasional, yang dapat beroperasi secara terpisah dari seluruh dunia.

Untuk saat ini, jaringan tersebut masih sebagian besar teori, dengan beberapa rincian praktis diungkapkan.

Dalam konsepnya, seperti dilaporkan CNN yang dikutip Kamis (2/5/2019), undang-undang baru ini bertujuan untuk melindungi Rusia dari pembatasan akses online asing dengan menciptakan apa yang oleh Kremlin disebut sebagai internet lokal yang "berkelanjutan, aman dan berfungsi penuh".

Berlaku November

Presiden Rusia, Vladimir Putin seusai mengemudikan truk melintasi jembatan baru yang menghubungkan wilayah Rusia dan Semenanjung Crimea di Kerch, Selasa (15/5). Jembatan Crimea membentang di atas Laut Hitam dan Laut Azov  (Alexander Nemenov/Pool via AP)

Menurut pemberitaan kantor berita Rusia, RIA-Novosti, undang-undang ini mulai berlaku pada bulan November.

Menurut ringkasan dari RIA-Novosti, undang-undang tersebut menyerukan pembentukan pusat pemantauan dan manajemen yang diawasi oleh Roskomnadzor, agen telekomunikasi Rusia.

Badan negara itu akan ditugasi memastikan ketersediaan layanan komunikasi di Rusia dalam situasi luar biasa. Mereka juga akan diberdayakan untuk memotong pertukaran lalu lintas eksternal internet, menciptakan web murni Rusia.

Selain itu, informasi dari entitas negara dan perusahaan milik negara di Internet akan dilindungi melalui enkripsi, demikian menurut laporan RIA-Novosti.

Bikin Khawatir

Ilustrasi internet (iStockphoto via Google Images)

Internet Rusia pernah menghadapi pembatasan di masa lalu, namun larangan itu justru bergeser dalam beberapa tahun terakhir ke arahi sensor domestik yang lebih besar.

Aktivis khawatir internet Rusia yang independen akan melibatkan pembuatan firewall nasional seperti China, untuk memantau dan menyensor konten yang masuk dan keluar dari negara itu.

Undang-undang baru ini muncul setelah anggota parlemen Rusia mengajukan paket legislasi pada bulan Maret, yang bertujuan membatasi kebebasan internet yang memungkinkan pihak berwenang memenjarakan para penghina pejabat pemerintah secara online atau menyebarkan berita palsu.

Teknologi buatan Negeri Beruang Merah juga mengalami tekanan di Rusia. Tahun lalu, aplikasi perpesanan terenkripsi Telegram dilarang di negara itu, dan kampanye pemblokiran intens diluncurkan ketika pengguna berusaha untuk melewati batasan yang telah ditentukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: April 2019, BNN Sita 122,15 Kg Sabu dari Tiga Kasus Berbeda

Posted: 01 May 2019 09:10 PM PDT

Petugas menata barang bukti narkotika jenis sabu saat rilis kasus penyelundupan narkotika di BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barbuk sebanyak 122,15 kg sabu dari sejumlah daerah di Sumatera. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menata barang bukti narkotika jenis sabu saat rilis kasus penyelundupan narkotika di BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barbuk sebanyak 122,15 kg sabu dari sejumlah daerah di Sumatera. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka dihadirkan dalam rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sembilan orang tersangka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah tersangka dihadirkan dalam rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sembilan orang tersangka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko saat rilis kasus penyelundupan narkotika jenis sabu di kantor BNN, Cawang, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu pada bulan April 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko saat rilis kasus penyelundupan narkotika jenis sabu di kantor BNN, Cawang, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu pada bulan April 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sembilan tersangka dihadirkan dalam rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sejumlah daerah di Sumatera. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sembilan tersangka dihadirkan dalam rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sejumlah daerah di Sumatera. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti narkotika jenis sabu saat rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sembilan orang tersangka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti narkotika jenis sabu saat rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sembilan orang tersangka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sembilan tersangka dihadirkan dalam rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sejumlah daerah di Sumatera. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sembilan tersangka dihadirkan dalam rilis kasus penyelundupan narkotika di kantor BNN, Jakarta, Kamis (2/5/2019). BNN mengungkap tiga kasus penyelundupan narkotika pada April 2019 dengan total barang bukti sebanyak 122,15 kg sabu-sabu dari sejumlah daerah di Sumatera. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Blazers Curi Kemenangan di Kandang Nuggets

Posted: 01 May 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Portland Trail Blazers berhasil merebut gim kedua semifinal Wilayah Barat NBA. Blazers menang di kandang Nuggets 97-90 di Pepsi Center, Kamis (2/5/2019) pagi WIB.

Kemenangan Blazers membuat rekor pertemuan kedua tim di semifinal Wilayah Barat NBA ini imbang 1-1. Gim ketiga dan keempat semifinal Wilayah Barat NBA akan ganti digelar di kandang Blazers. 

Tak ingin mengulangi kesalahan di gim pertama, Blazers langsung tancap gas. Mereka berhasil unggul 28-23 di kuarter pertama. Blazers terus memperlebar keunggulan di kuarter dua.

Meski Damian Lillard sedang kurang bagus, Blazers sukses memperlebar keunggulan menjadi 15 poin saat jeda babak pertama.

Nuggets baru bisa bangkit di kuarter empat. Nuggets sempat memangkas jarak menjadi lima poin saja lewat penetrasi center Nikola Jokic.

Namun Blazers berhasil mengunci kemenangan setelah Rodney Hood dengan dingin menyelesaikan dua hadiah lemparan bebas.

 

CJ McCollum

Shooting guard CJ McCollum menjadi pahlawan Blazers. Dia membuat 20 poin ditambah enam assists. Lillard sendiri meredup di laga ini. Dia hanya melesakkan 14 angka.

Sedangkan di kubu Nuggets, Jokich hampir meraih triple double lagi dengan 16 poin, 14 rebound serta tujuh assists.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal yang Sering Bikin Usaha Kecil Gagal

Posted: 01 May 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjalankan bisnis bukan untuk menjadi lemah hati, karena kewirausahaan berkaitan erat dengan risiko. Pemilik bisnis harus memiliki kemampuan untuk mengurangi risiko spesifik perusahaan sambil membawa produk atau layanan ke pasar dengan harga yang memenuhi tingkat permintaan konsumen.

Meskipun ada sejumlah usaha kecil di berbagai industri yang berkinerja baik dan terus menguntungkan, sebagian besar perusahaan gagal dalam 18 bulan pertama operasi. Tanpa strategi yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis, usaha kecil dapat mengalami kegagalan yang tak terelakkan.

Untuk melindungi bisnis baru atau yang sudah mapan agar tidak jatuh ke dalam perusahaan yang gagal, perlu untuk memahami apa yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis dan bagaimana setiap hambatan dapat dikelola atau dihindari.

Alasan kegagalan paling umum dari usaha kecil adalah kurangnya modal atau pendanaan, mempertahankan tim manajemen yang tidak memadai, infrastruktur atau model bisnis yang salah, dan inisiatif pemasaran yang gagal.

Dikutip dari Laruno.id, berikut 4 alasan kegagalan paling umum dalam usaha kecil:

1. Kekurangan Modal

Dari sejumlah besar bisnis kecil yang gagal setiap tahun, hampir setengah dari pengusaha menyatakan kurangnya dana atau modal kerja adalah penyebabnya.

Dalam banyak kasus, pemilik bisnis sangat sadar berapa banyak uang yang diperlukan untuk menjaga operasi berjalan setiap hari, termasuk penggajian dana, membayar biaya overhead tetap dan beragam seperti sewa dan utilitas.

Namun, pemilik perusahaan yang gagal kurang selaras dengan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh penjualan produk atau layanan. Hubungan ini mengarah ke kekurangan pendanaan yang dengan cepat membuat usaha kecil tidak beroperasi.

2. Manajemen yang tidak memadai

Ilustrasi Stres karena terjerat utang | foto : istimewa

Alasan umum lainnya usaha kecil gagal adalah kurangnya ketajaman bisnis yang dimiliki oleh tim manajemen atau pemilik bisnis.

Dalam beberapa kasus, pemilik bisnis adalah satu-satunya personel tingkat senior dalam suatu perusahaan, terutama ketika suatu bisnis berada pada tahun pertama atau kedua operasinya.

Meskipun pemilik bisnis mungkin memiliki keterampilan yang diperlukan untuk membuat dan menjual produk atau layanan yang layak, tetapi sering kali kurang memiliki skill untuk mengelola karyawan lain dengan sukses.

Tanpa tim manajemen yang berdedikasi, pemilik bisnis memiliki potensi lebih besar untuk salah mengelola aspek-aspek tertentu dari bisnis, apakah itu keuangan, perekrutan atau pemasaran.

Tim manajemen yang kuat adalah salah satu tambahan pertama yang perlu dilakukan oleh bisnis kecil untuk melanjutkan operasi ke masa depan.

3. Rencana Bisnis dan Infrastruktur

Usaha kecil sering mengabaikan pentingnya perencanaan bisnis yang efektif sebelum memulai bisnis. Rencana bisnis yang sehat harus mencakup uraian yang jelas tentang bisnis, karyawan saat ini dan masa depan dan kebutuhan manajemen, peluang dan ancaman di pasar yang lebih luas, kebutuhan modal termasuk proyeksi arus kas dan berbagai anggaran, inisiatif pemasaran dan analisis pesaing.

Dengan demikian, bisnis yang tidak secara teratur meninjau rencana bisnis awal, atau yang tidak siap untuk beradaptasi dengan perubahan di pasar atau industri, peluang untuk gagal akan semakin besar.

Untuk menghindari perangkap terkait dengan rencana bisnis, seorang pengusaha harus memiliki pemahaman yang kuat tentang industri dan persaingannya sebelum memulai sebuah perusahaan.

Model dan infrastruktur pesifik perusahaan harus ditetapkan jauh sebelum produk atau layanan ditawarkan kepada publik, dan aliran pendapatan potensial harus diproyeksikan secara realistis jauh sebelumnya. Membuat dan mempertahankan rencana bisnis adalah kunci untuk menjalankan perusahaan yang sukses untuk jangka panjang.

4. Kesalahan Pemasaran

Ilustrasi Digital Marketing, Pemasaran Digital, Google Analytic

Pemilik bisnis sering gagal untuk mempersiapkan kebutuhan pemasaran perusahaan dalam hal modal yang diperlukan dan jangkauan prospek yang akurat.

Ketika perusahaan meremehkan total biaya pemasaran awal, seringkali sulit untuk mendapatkan pembiayaan modal dari departemen bisnis lain untuk menutupi kekurangan tersebut.

Karena pemasaran merupakan aspek penting dari setiap bisnis, maka perlu bagi perusahaan untuk memastikan mereka telah menetapkan anggaran realistis untuk kebutuhan pemasaran saat ini dan masa depan.

Demikian pula, memiliki proyeksi realistis dalam hal jangkauan target sangat penting untuk keberhasilan pemasaran. Bisnis yang tidak memahami aspek-aspek strategi pemasaran yang sehat lebih cenderung gagal daripada perusahaan yang meluangkan waktu yang diperlukan untuk membuat kampanye yang efektif dan sukses.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Aktris Film Dewasa Sora Aoi Umumkan Kelahiran Anak Lewat Streaming

Posted: 01 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah lama berhenti di industri film dewasa, namun nama Sora Aoi masih terus jadi perbincangan menarik banyak orang. Kali ini netizen memperbincangkan kelahiran anak pertama wanita cantik asal Jepang yang dikabarkannya melalui kanal streaming.

Sebelumnya, awal tahun 2018 lalu mantan bintang film dewasa asal Jepang ini telah mengumumkan sebuah kabar yang mencengangkan yaitu menikah dengan seorang DJ asal Jepang yang bernama DJ Non. Sora Aoi mengumumkan soal pernikahannya lewat akun media sosial Twitter, Weibo, Instagram, dan blog Ameblo pada 1 Januari 2018.

Wanita yang telah meninggalkan industri film dewasa tersebut berbagi kabar bahagia soal pernikahan setelah cukup lama bimbang. Sora Aoi sempat ragu untuk mempubliksikan pernikahannya karena takut penggemar membencinya. Namun ia juga tak ingin berbohong pada fans, karena itu akhirnya mengumumkan pernikahan dengan DJ Non.

Jika dulu lekat dengan imej negatif, kini Sora sudah mengubah jalan hidupnya. Namun, sejak itu Sora sudah mengubah imej dan penampilannya loh.

Berikut Liputan6.com rangkum kabar tentang kelahiran anak dari Sora Aoi mantan pemain film dewasa dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2019).

Pernah Muncul di Film Tanah Air

Bintang porno asal jepang yang bernama Sora Aoi meramaikan layar lebar indonesia yang bermain dalam film suster keramas 2 (Istimewa)

Dalam postingan blog miliknya, Sora Aoi mengungkapkan kalau pernikahan selalu jadi hal yang diimpikannya dalam hidup. Karena itu, saat ini Sora Aoi siap untuk mengarungi bahtera kehidupan rumah tangga bersama seorang musisi Jepang yang bernama DJ NON.

"Aku selalu ingin menikah. Aku cinta anak-anak, dan itu selalu jadi mimpiku untuk memulai sebuah keluarga. Suamiku memang tidak kaya dan tampan, tapi dia sudah menghapus semua kegelisahanku karena pernah berada di industri film dewasa, dan hal-hal lainnya," tulis Sora Aoi dalam blognya.

Terlepas dari masa lalunya sebagai mantan bintang film dewasa, Sora Aoi juga sempat tampil di salah satu film horor Tanah Air yang berjudul SUSTER KERAMAS 2 bersama Ricky Harun dan Marcell Darwin.

Yap, menjalani hidup normal pun jadi keputusan yang diambil Sora Aoi. Selain menjadi aktris di sejumlah film internasional, Sora Aoi bahkan sempat merilis sebuah single mandarin yang berjudul Mao Yi.

Umumkan Kelahiran Anak Lewat Streaming

Mantan bintang film Jepang, Sora Aoi, mengumumkan sudah menikah. Melalui akun Instagramnya, Sora memperlihatkan cincin kawin yang melingkar di jari tangannya. (Instagram/@aoi_sola)

Sebelumnya, Sora Aoi sempat mengumumkan kabar kehamilan yang saat itu sudah masuk pada masa bulan kelima. Hal tersebut diungkapkan oleh Sora Aoi lewat akun Instagramnya. Ia memposting foto bersama sang suami dan memamerkan baby bump yang sudah mulai terlihat.

"Akhirnya, seorang malaikat datang padaku. Aku diberkahi dengan kehiupan baru. Sekarang aku hamil lima bulan dan akan jadi ibu Mei nanti," tulis akun Instagram Sora Aoi.

Namun baru-baru ini, mantan aktris film dewasa tersebut dikabarkan melahirkan dua bayi kembar berjenis kelamin laki-laki melalui operasi Caesar. Uniknya, Sora Aoi mengabarkan hal ini kepada penggemarnya melalui kanal streaming Abema TV.

Sambil tersenyum dan terbaring di rumah sakit, artis cantik tersebut mengatakan bahwa ia sudah selesai melahirkan. Selamat Sora Aoi!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puasa bisa Hilangkan Fokus Saat Berkendara?

Posted: 01 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa umat Islam akan mulai berpuasa pada minggu depan. Meskipun demikian, sebagian orang tetap memiliki aktivitas yang cukup padat dan dituntut untuk bermobilitas tinggi.

dr. Eko Suryo, seorang dokter lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, menjelaskan jika ketika berpuasa tingkat gula dalam darah akan menurun dan kita juga rentan terserang dehidrasi. Selain itu, seseorang ketika berpuasa biasanya hanya memiliki waktu tidur total 4-6 jam per hari (kurang dari waktu 7 hingga 8 jam per hari yang dianjurkan). Dua hal inilah yang menyebabkan pengendara jadi kurang awas karena mengantuk sehingga menyebabkan refleks menurun.

"Sangat dianjurkan untuk tetap bisa tidur minimal 7 jam per hari, kita bisa menggunakan waktu di siang hari untuk beristirahat sejenak melelapkan mata selama 30 hingga 45 menit. Waktu tersebut akan cukup menyegarkan mata dan pikiran kita untuk dapat fokus kembali beraktivitas," ujar Eko.

Dokter ini pun menyarankan bagi para muslim yang berpuasa untuk menghindari konsumsi karbohidrat berlebihan ketika sahur dan berbuka puasa. Sebab, karbohidrat akan menyebabkan kantuk sepanjang hari.

Selanjutnya

Ia pun menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan vitamin dari buah-buahan segar. Selain itu, Anda pun diminta banyak meminum cukup air putih untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi. Nutrisi-nutrisi tersebut lebih dibutuhkan oleh tubuh karena dapat memberikan cadangan energi yang cukup hingga waktu berbuka puasa tanpa menyebabkan kantuk.

"Bila kita mampu menjaga pola tidur yang cukup dan memperhatikan dengan baik nutrisi yang diperlukan tubuh, maka tubuh kita akan mampu beraktivitas normal meskipun kita sedang berpuasa sehingga mengurangi risiko untuk terlibat dalam kecelakaan lalu lintas," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: