Kamis, 23 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Libur Sudah Panjang, Pemkot Mataram Tidak Berikan Izin Cuti Lebaran

Posted: 23 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Mataram - Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, Nusa Tenggara Barat tahun ini tidak mengeluarkan izin cuti Lebaran bagi pegawai negeri sipil atau PNS.

Hal ini dikarenakan jumlah hari libur dan cuti bersama pegawai sudah cukup panjang, baik sebelum maupun setelah Idul Fitri.

"Tahun ini kita tidak berikan PNS izin cuti, kecuali yang urgent," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram Baiq Nelly Kusumawati, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 21 Mei 2019.

Dia menjelaskan, izin cuti urgent yang dimaksudkan seperti, sakit sedang dirawat di rumah sakit, melaksanakan ibadah umrah, dan melahirkan.

Selain itu, kata Nelly, semua PNS diharuskan masuk pada hari pertama setelah libur lebaran.

Menurutnya, waktu libur 11 hari, yakni mulai 30 Mei sampai 9 Juni 2019, sudah lebih dari cukup apabila PNS ingin melakukan silaturahmi dan halal bihalal ke keluarga.

"Oleh karena itu, pimpinan masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) dalam hal ini juga akan diberikan penekanan khusus agar pada hari pertama masuk semua pegawai hadir," ucap Nelly.

Di sisi lain, lanjut dia, hal yang masih menjadi pembahasan adalah adanya surat perintah untuk pelaksanaan upacara bendera pada 1 Juni 2019 yang merupakan Hari Kesaktian Pancasila, sementara 1 Juni sudah masuk cuti bersama PNS.

"Ini masih kita koordinasikan, karena tidak mungkin pegawai yang sudah mudik ke luar daerah datang hanya untuk upacara. Kalau tidak, tunjangan kinerja daerah (TKD) mereka akan dipotong," kata Nelly.

 

Akan Berikan Sanksi

Suasana ruang kerja lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di kantor Balai Kota, Rabu, (22/7/2015). Sejumlah meja masih terlihat kosong pasca Idul Fitri 1436H, hal ini dikarenakan beberapa PNS mengambil cuti tahunan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara itu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Baiq Evi Ganevi mengatakan, pihaknya akan memberikan sanksi bagi pegawai yang sengaja menambah libur setelah libur Idul Fitri.

"Pegawai yang tidak masuk hari pertama, akan kita proses sesuai dengan ketentuan dalam PP 53," kata Evi.

Pada hari pertama masuk pascalibur dan cuti besama Idul Fitri, lanjut dia, pemerintah kota akan langsung melaksanakan upacara bendera sekaligus halal bihalal dengan semua pegawai di lingkup Pemerintah Kota Mataram.

"Upacara itu sekaligus untuk melihat tingkat kehadiran pegawai. Bila perlu kita akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD," jelas Evi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1 2019: Unggul Rekor Pertemuan, Persija Enggan Lengah Lawan PSIS

Posted: 23 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan meladeni tuan rumah PSIS Semarang pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Minggu (26/5/2019). Meski punya rekor bagus melawan PSIS, Persija tak boleh gegabah.

Macan Kemayoran – julukan Persija, pada pekan pertama mampu mencuri poin saat bermain imbang 1-1 menghadapi Barito Putera di Banjarmasin yang disiarkan Indosiar, Senin (20/1/2019) lalu. Sementara, PSIS justru takluk 1-2 dari tim promosi, Kalteng Putra di Magelang, tengah pekan lalu.

Berdasarkan hal itu, Persija punya peluang bagus untuk mencuri poin penuh di Magelang. Apalagi, musim lalu Ismed Sofyan dan kawan-kawan menang 4-1 atas PSIS di tempat yang sama.

Secara head to head, Persija juga menang tipis. Dari 16 kali pertemuan sebelumnya, Macan Kemayoran delapan kali menang, tujuh milik PSIS, dan sekali seri.

"Kami harus sadar bahwa tim yang kalah pasti akan tampil dengan motivasi yang lebih tinggi. Itu artinya PSIS akan sangat bahaya. Kami juga harus lebih meningkatkan konsentrasi," kata pelatih Persija Ivan Kolev di Lapangan PS AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, baru-baru ini.

 

Waspadai Semangat PSIS

Pelatih Persija Jakarta Ivan Kolev, berbincang dengan asisten pelatih saat latihan di Lapangan Sutasoma Halim, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga Liga 1 Indonesia 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Hal senada juga disuarakan Manajer Persija Marsma Ardhi Tjahjoko. Dia mengingatkan agar Ismed Sofyan dan kawan-kawan hati-hati lantaran PSIS punya semangat untuk bangkit.

"Anak-anak harus tampil fight. Modal imbang saat melawan Barito Putera diharapkan bisa membuat anak-anak semakin termotivasi. PSIS pastinya juga bertekad untuk menang. Tinggal kita lihat saja di lapangan," pungkas Ardhi.

 

Kekuatan Penuh

Saat menghadapi PSIS Semarang, Persija dipastikan turun dengan kekuatan penuh. Apalagi striker asingnya Marko Simic dalam keadaan onfire setelah mampu mencetak gol perdana Persija di musim ini.

Sebelumnya, Simic sempat vakum karena terjerat kasus hukum di Australia.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang Mulai Buka Hari Ini

Posted: 23 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai tutup selama dua hari akibat adanya aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang hari ini kembali buka. Namun demikian, pasar grosir terbesar di Asian Tenggara tersebut rencananya hanya buka setengah hari saja.

Ketua Koperasi Pedagang Tanah Abang, Yasril Umar mengatakan, melihat kondisi di Pasar Tanah Abang dan sekitarnya yang mulai kondusif, para pedagang akhirnya memutuskan untuk mulai berjualan pada hari ini.

"Hari ini sudah buka," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Namun demikian, lanjut dia, pada hari ini rencananya para pedagang di Pasar Tanah Abang tidak akan buka hingga sore, tetapi hanya setengah hari saja.

"Kemungkinan cuma sampai jam 13.00 WIB," tandas dia.

Dampak Aksi 22 Mei, Pegawai Pasar Tanah Abang Terancam Tak Mudik

Potret Kondisi Terkini Pasar Tanah Abang Saat Aksi 22 Mei (sumber:Liputan6.com)

Sebagai dampak dari aksi 22 Mei, Pasar Tanah Abang sampai saat ini masih tutup. Para pegawai yang sudah datang ke pasar grosir terbesar di ASEAN tersebut terpaksa kembali pulang, ketika melihat gerbang Blok A masih tertutup rapat.

Ramdan (29) salah satunya. Dia sudah berangkat dari rumah dengan harapan mendapatkan pundi-pundi penghasilan untuk bisa menambah tabungannya demi mudik ke kampung halamannya di Purworejo.

"Ya mau bagaimana lagi. Kalau tutup terus kan penghasilan toko juga berkurang, kita juga terancam berkurang nanti. Kalau enggak ada tabungan, enggak bisa mudik nanti," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (23/5/2019).

Menurut dia, saat ini kondisi Pasar Tanah Abang sebenarnya sudah lebih bersih dari puing-puing kerusuhan beberapa hari lalu. Hanya saja dari informasi yang diterimanya, situasi kemanan masih belum kondusif. Potensi kerusuhan masih bisa terjadi.

Meski demikian, Ramdan mengaku tetap bersyukur. Menurut dia, lebih baik pasar ditutup daripada saat dibuka kerusuhan terjadi, sehingga menimbulkan potensi penjarahan seperti kerusuhan 1998.

"Ya saya percaya ini keputusan yang terbaik, daripada nanti pas kita buka, terus yang rusuh masuk pasar kan kita juga yang repot," ucapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Mahdi (32). Bapak satu anak ini biasa bekerja di Pasar Tanah Abang sebagai kuli panggul. Namun, semenjak dua hari pasar tutup, dia mengisi kekosongan waktu dengan menjadi jasa ojek.

"Ya, anak istri kita kan harus tetap makan tiap hari, jadi ngojek mau tidak mau. Besok kalau pasar buka, ya ke sini lagi," ucap dia.

Sampai saat ini, sejumlah petugas keamanan terlihat berjaga-jaga di sekitar pintu masing-masing blok Pasar Tanah Abang. Terlihat petugas security dibantu pengamanan oleh petugas Kepolisian dan TNI.

Tidak hanya para petugas keamanan, sejumlah peserta aksi yang menggunakan atribut berwarna putih juga sesekali masih berlalu lalang di sekitar Pasar Tanah Abang.

Massa Aksi 22 Mei Sudah Bubar, Pasar Tanah Abang Masih Sepi

Pengendara motor parkir di depan gedung pasar Blok A Tanah Abang, Jakarta, yang tutup pada Kamis (23/5/2019). Pengelola Pasar Tanah Abang menutup sementara aktivitas perdagangan demi mengantisipasi dampak kericuhan Jakarta dalam beberapa hari ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aktivitas di dalam dan sekitar Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah berjalan normal setelah sehari sebelumnya ditutup akibat aksi 22 Mei 2019.

"Semua normal. Kondisi penumpang juga sepertinya mirip hari biasa. Tapi yang di pasar masih sepi. Mungkin karena takut," ungkap Amaludin, sekuriti yang bertugas di Stasiun Tanah Abang, Kamis (23/5/2019).

Sebelumnya perwakilan PT Kereta Commuter Indonesia sudah mengonfirmasi bahwa Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Palmerah telah dibuka kembali dan melayani naik turun pengguna kereta rel listrik (KRL).

"Stasiun Palmerah dan Stasiun Tanah Abang mulai jadwal pemberangkatan KRL pertama pada pagi hari ini kembali melayani naik turun pengguna untuk relasi Rangkasbitung/Maja/Parungpanjang/Serpong - Tanah Abang PP," ujar VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resmi sebelumnya.

Namun, pihak PT KCI masih mengimbau pengguna kereta KRL terus mengikuti perkembangan informasi terkini mengenai operasional dan layanan kereta.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Urusan Finansial, Liga Inggris Masih Merajai Eropa

Posted: 23 May 2019 09:35 PM PDT

Manchester - Liga Inggris tak hanya menunjukkan kekuatannya di dalam lapangan musim ini. Urusan bisnis, Liga Inggris ternyata masih menjadi raja di Eropa.

Kekuatan finansial dari klub-klub peserta, yang didorong dengan investasi dari berbagai pihak dan juga pendapatan hak siar yang tinggi, membuat Liga Inggris memiliki kekuatan finansial yang tertinggi di Eropa dan dunia dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut laporan dari Guardian, dominasi dari Premier League dari segi finansial kembali berlanjut setelah 20 klub peserta mengeluarkan laporan tahunan mereka untuk musim kompetisi 2017-2018.

Sepanjang satu periode fiskal, 20 klub yang menjadi peserta Liga Inggris saat itu memperoleh pendapatan senilai 4,827 triliun pound.

Jumlah pendapatan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan 42 klub yang berada di dua divisi La Liga (Spanyol) senilai 3,86 triliun pound, dan 36 klub yang berada di dua divisi Bundesliga (Jerman) senilai 3,88 triliun pound. 

Kedua nilai pendapatan tersebut merupakan pencapaian tertinggi dalam sejarah kedua kompetisi tersebut, tetapi masih tidak dapat mendekati apa yang diperoleh 20 klub Premier League dalam periode yang sama.

Di dalam kompetisi Liga Inggris, jarak kekuatan finansial yang dimiliki oleh enam klub teratas (Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham Hotspur) dibandingkan dengan 14 klub lainnya juga terus meningkat, sesuatu yang terjadi berkat pendapatan hak siar yang terus meningkat dan tambahan pendapatan dari partisipasi dalam ajang Champions League dan Europa League.  

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjelasan PT Arsari Pratama Terkait Mobil Ambulans Gerindra Berisi Batu saat Aksi 22 Mei

Posted: 23 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menyita satu unit ambulans berlogo Partai Gerindra dan berstiker wajah Prabowo-Sandiaga dari lokasi demo 22 Mei. Berdasarkan keterangan lima orang tersangka yang diamankan, mobil itu milik perusahaan PT Arsari Pratama.

Menanggapi hal ini, Direktur PT Arsari Pratama, Daniel Poluan menegaskan bahwa pihaknya sama sekali tidak terkait dengan mobil ambulans berlogo Gerindra yang saat ini diamankan polisi saat kerusuhan 22 Mei 2019.

Apalagi, kata dia, terkait urusan masa berlaku STNK yang sudah habis setahun lebih.

"PT Arsari hanya menyumbang mobil tersebut untuk keperluan medis kepada Kesira (Kesehatan Indonesia Raya)," ujar Daniel Poluan dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, 23 Mei 2019.

"Intinya PT Arsari membeli aset dan pinjam pakai kan ke Kesira. Dan Kesira mendistribusikan ke DPC-DPC untuk program pelayanan kesehatan," imbuhnya.

Untuk itu ia menegaskan, jika mobil ambulans itu digunakan bukan untuk keperluan medis, maka PT Arsari tidak bertanggung jawab.

"Kami tegaskan, tanggung jawab penggunaan, pemakaian dan pembayaran pajak kendaraan dibebankan ke pengguna atau yang pihak dikuasakan," tegasnya.

Daniel juga mengungkapkan bahwa sumbangan mobil pelayanan kesehatan bernomor polisi B 9686 PCF tersebut diberikan sudah sejak lama.

"Kami juga tidak ingat kapan mobil itu disumbangkan. Pokoknya sudah lama banget. Dan sekali lagi, itu untuk pelayanan medis," tandas Daniel Poluan.

Awal Mula Ambulans Gerindra Ditemukan di Lokasi Kerusuhan

Sebelumnya, polisi membeberkan awal mula ambulans dengan nomor polisi B 9686 PCF ditemukan.

"Saat itu petugas kepolisian menemukan adanya mobil ambulans yang di dalamnya berisikan lima orang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Yuwono.

Setelah dilakukan pengecekan ke bagian dalam ambulans, ditemukan sejumlah batu dan amplop berisi uang. Mobil itu beserta lima orang terdiri dari sopir dan penumpang diamankan dan dilakukan pemeriksaan.

"Hasilnya, tersangka berjumlah tiga orang berasal dari Tasikmalaya, mereka berangkat tanggal 21 Mei, jam 20.00. Berangkat ke Jakarta berpenumpang tiga orang yakni Y (sopir), I sekretaris DPC Tasikmalaya, dan O wakil sekretaris menggunakan ambulans," jelasnya.

Pengakuan mereka, keberangkatan ketiganya ke Jakarta membawa ambulans karena diperintah. Tujuannya, untuk membantu jika ada korban di kegiatan 22 Mei. Mereka juga dibekali Rp 1,2 juta untuk uang operasional.

"Ada perintah dari ketua DPC, tujuan wilayah-wilayah kirim ambulans ke Jakarta untuk bantu kalau ada korban 22 Mei. Jadi sebelumnya sudah antisipasi," katanya.

Kemudian, setibanya di Jakarta ketiganya menuju Jalan Cokroaminoto, Jakarta Pusat. Di sana, dua orang lainnya asal Riau, berinisial HS dan SGC ikut menumpang.

"Setelah kita cek dia simpatisan," katanya.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FGD Kemenpar Angkat Potensi Wisata Kuliner dan Belanja Danau Toba

Posted: 23 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Brastagi Kementerian Pariwisata benar-benar memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Danau Toba. Kali ini, yang digali adalah potensi wisata kuliner dan belanja. Caranya, melalui Focus Group Disscusion (FGD).

FGD Kesepahaman Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja, digelar Kamis (23/5). lokassnyab di Grand Mutiara Hotel Brastagi, Jalan Peceren Nomor 168, Brastagi, Karo, Sumatera Utara (Sumut). Jumlah pesertanya 35 orang. mereka berasal dari Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha Kuliner, Asita, PHRI, Akademisi, TA/TO, dan komunitas.

FGD juga melakukan penyusunan nota kesepahaman dan MoU. Isinya, mengikat Pemerintah Daerah dengan para stakeholder pariwisata (pentahelix).

Kepala Bidang Bina Obyek Usaha Pariwisata Disbudpar Sumut Maike Moganai Ritonga mengungkapkan, FGD memetakan potensi pariwisata di Sumut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar karena sudah memfasilitasi FGD di sini. Pasti ada banyak ilmu yang didapat peserta. Dari situ, wawasan berkembang untuk menciptakan inovasi. FGD ini memetakan semua potensi di sini. Lalu, disusunya menjadi road map. Disoroti juga kemasan, promosi, hingga pelayanannya. Semua harus optimal," ungkap Maike, Kamis (23/5).

Ada 4 tema yang dibahas. Pertama, pembahasan 'Kebijakan Pengembangan Wisata Budaya'. Ada juga 'Identifikasi Potensi Wisata Kuliner dan Belanja Kabupaten Karo'. Tema lain adalah 'Program Kerja BODT yang Mendukung Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja'. FGD lalu ditutup bahasan 'Strategi dan Kebijakan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja'.

"Karo masuk 7 kabupaten yang berada di Kawasan Danau Toba. Potensi yang dimilikinya sangat besar. Yang jelas, setelah FGD ini, keberlanjutan program pariwisata akan semakin optimal. Sumut, Karo dan Medan akan mendapat banyak value dari industri Wiskuljanya," terang Asisten Deputi Pengembangan Wisata Budaya Kemenpar Oneng Setya Harini.

Menurut Oneng, sebanyak 60% wisatawan datang ke Indonesia karena budaya. Untuk alam 35% dan manmade 5%. Dari budaya, spending 45% mengalir di wisata belanja dan kuliner. Sekitar 20% spending dialirkan menuju heritage, lalu 35% masuk wisata kota dan pedesaan.

Melalui FGD, Wisata belanja dan kuliner di Kawasan Danau Toba diarahkan menjadi atraksi lengkap dengan storytelling.

Atraksi kuliner dikemas dari penyiapan bahan baku, pengolahan, penyajian, hingga cara menikmatinya. Konsep tersebut lalu dikuatkan dengan storytelling dan sejarah kulinernya. "Kemasan tersebut untuk memunculkan aktivitas dan kreativitasnya. Untuk itu, pelaku industri Wiskulja dikumpulkan di FGD. Setelah ini, tahap berikutnya menyusun pola perjalanannya," papar Oneng lagi.

Rangkaian FGD pun memunculkan deklarasi berupa kesepahaman. Ada 4 point yang menjadi rujukan. Isinya seperti, bentuk komitmen dan pertanggungjawaban untuk tetap menyelenggarakan pariwisata. Optimalsiasi berbagai potensi daerah untuk kelestarian dan manfaat ekonomi. FGD juga sepakat terus melestarian berbagai kekayaan daerah. Lalu, point lainnya penguatan sinergi stakeholder pariwisata.

"Kesepahaman sudah didapat untuk optimalisasi Kawasan Danau Toba. FGD sudaha menghasilkan point ideal. Kami harap semua stakeholder bisa langsung mengaplikasikan apa yang sudah disepakati. Sebab, potensi Kawasan Danau Besar. Kalau dioptimalkan pasti akan mendatangkan manfaat ekonomi," tegas Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani.

Pergerakan wisatawan menuju Kawasan Danau Toba memang positif, termasuk di Karo. Mengacu arus wisman di Sumatera Utara, warga Malaysia yang berkunjung sekitar 30.003 orang. Angka di triwulan pertama 2019, jumlahnya mencapai 59,9% dari total wisman yang hadir. Singapura berada di strip 2 dengan angka 4.098 orang wisatawan atau 8,97%.

"Kami yakin, pelaku pariwisata di sana akan mendapatkan input ekonomi maksimal. Potensi bisnis yang ditawarkannya sangat menjanjikan. Dengan sinergi bagus, maka sebaran bisnisnya semakin besar. Dan, masyarakat umum bahkan berpotensi mendapatkan inkam dari aktivitas pariwisata," tutup Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Tips Mudik Aman dengan Kendaraan Umum, Selamat Sampai Tujuan

Posted: 23 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tips mudik aman dengan kendaraan umum kerap dicari bagi mereka yang sedang merencanakan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. Ada beberapa alasan pemudik memilih untuk tidak menggunakan kendaraan pribadinya. Salah satu alasannya adalah mudik dengan kendaraan umum tidak harus lelah mengendarai kendaraan sendiri. Pemudik hanya perlu duduk manis dan menunggu hingga sampai ke kota tujuan.

Namun, mudik dengan kendaraan umum berarti kamu pergi tidak hanya bersama keluarga saja. Melainkan kamu pergi bersama orang-orang yang tidak dikenal dan ini mengharuskan kamu untuk lebih waspada dalam menjaga diri dan barang bawaan kamu selama perjalanan.

Buat kamu yang nanti memilih untuk mudik dengan kendaraan umum, ada beberapa tips mudik aman yang perlu kamu ketahui agar tetap nyaman selama di perjalanan.

Berikut ini, Liputan6.com, Sabtu (18/5/2019) telah merangkum beberapa tips mudik aman dengan kendaraan umum. Telah dirangkum dari berbagai sumber, perlu diperhatikan lima tips mudik aman dengan kendaraan umum ini.

Atur Jadwal dan Pesan Tiket Keberangkatan

Atur Jadwal dan Pesan Tiket Keberangkatan (Sumber: iStockphoto)

Atur Jadwal Keberangkatan

Tips mudik aman dengan kendaraan umum yang pertama adalah memilih tanggal keberangkatan yang tepat. Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, jangan berangkat mepet dengan waktu hari raya atau lebaran. Hal ini untuk mengantisipasi gangguan selama perjalanan, seperti macet panjang oleh bus-bus.

Selain memilih tanggal yang tepat, pilih juga alat transportasi yang tepat. Kalau kamu tidak nyaman dengan bus, kamu bisa menggunakan pesawat atau kereta api.

Pesan Tiket

Karena kamu menggunakan kendaraan umum, maka kamu perlu membeli atau pesan tiket terlebih dahulu sebelum berangkat. Kamu perlu membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan dan perlu membeli tiketnya di tempat atau agen resmi penjualan tiket.

Pesan tiket di jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, karena biasanya di musim mudik tiket kendaraan umum habis lantaran banyak orang yang ingin mudik dengan transportasi umum ini. Juga jangan sampai perjalanan mudik kamu terganggu karena tiket palsu atau bermasalah. Oleh karena itu, pentingnya untuk memilih dan membeli tiket di agen resmi.

Bawa Barang dan Uang Tunai Secukupnya

Bawa Barang dan Uang Tunai Secukupnya (Sumber: iStockphoto)

Bawa Barang Seperlunya Saja

Tips mudik aman dengan kendaraan umum selanjutnya adalah jangan membawa banyak barang dan barang berharga. Karena mudik dengan kendaraan umum tidak sama dengan kendaraan pribadi. Maka kamu perlu meminimalisir barang bawaan. Mudik menggunakan kendaraan umum, memungkinkan kamu untuk kesulitan menyimpan barang-barang dan saat membawanya akan berat. Oleh karena itu, bawa barang seadanya saja.

Selain itu, tidak disarankan membawa barang berharga saat mudik dengan menggunakan kendaraan umum. Kamu tidak perlu membawa kamera mahal, laptop, atau bahkan mengenakan perhiasan karena bisa memicu tindak kejahatan saat perjalanan.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Tips mudik aman dengan kendaraan umum yang tak kalah penting adalah jangan membawa uang tunai terlalu banyak. Kamu bisa meletakkan uang tunai di banyak tempat, sehingga saat salah satu uang ada yang hilang, kamu bisa menggunakan uang lainnya. Lebih baik membawa kartu pembayaran non-tunai kalau kamu butuh melakukan transaksi pembelian.

Bawa Obat dan Perbekalan yang Cukup

Bawa Obat dan Perbekalan yang Cukup (Sumber: iStockphoto)

Bawa Obat-obatan Pribadi

Mudik saat puasa biasanya rawan muncul masalah kesehatan. Oleh karena itu, selalu siap sedia untuk membawa obat-obatan pribadi yang kamu miliki. Masukkan semua ke dalam tas agar saat mudik terbawa dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Membawa Perbekalan yang Cukup

Bawa perbekalan yang cukup saat mudik menjadi sangat penting, apalagi jika kemungkinan besar kamu akan sahur atau buka puasa di jalan. Oleh karena itu, pentingnya untuk menyiapkan perbekalan sederhana seperti air mineral dan juga kue kering atau roti.

Selalu Waspada dengan Kondisi Sekitar

Selalu Waspada dengan Kondisi Sekitar (Sumber: iStockphoto)

Pilih Pakaian yang Nyaman dan Sopan

Tips mudik dengan kendaraan umum yang perlu diperhatikan adalah pakaian. Perjalanan mudik cukup memakan waktu sehingga terasa melelahkan dan sering tidak bisa diprediksi secara cepat. Untuk itu, pentingnya memperhatikan jenis pakaian seperti tidak terlalu tipis dan tebal karena akan sangat mengganggu.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak mengenakan pakaian yang terbuka agar tidak menimbulkan hal-hal buruk yang diinginkan. Siapkan juga baju ganti, untuk antisipasi bila dibutuhkan.

Selalu Waspada dengan Kondisi Sekitar

Hal yang paling utama dan terpenting saat mudik dengan kendaraan umum, perlu untuk selalu waspada dengan kondisi sekitar. Awasi selalu barang bawaan kamu selama perjalanan. Usahakan untuk mudik bersama banyak orang, agar pengawasan bisa dilakukan dengan lebih baik dan saling mengawasi.

Selain itu, mudik dengan banyak orang juga bisa membuat kamu merasa tidak bosan di perjalanan. Meskipun jaraknya jauh, mudik akan tetap terasa menyenangkan.

Bawa Headset dan Powerbank

Perjalanan mudik yang panjang membuat kamu merasa bosan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membawa headset atau earphone untuk mendengarkan musik. Selain itu, untuk selalu menjaga daya baterai gadget kamu tetap terjaga, kamu bisa membawa powerbank. Jadi, di saat tidak ada stop kontak untuk mengisi daya gadget mu saat habis baterai, kamu bisa mengisinya dengan menggunakan powerbank ini. Jangan lupa untuk mengisi daya powerbank hingga penuh, ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Keseharian Mama Lita Masterchef, Sosok Ibu Idaman

Posted: 23 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Program kompetisi memasak MasterChef Indonesia memang cukup menyita perhatian. Tak hanya kelihaian dalam memasak, namun tingkah laku para peserta dan juri juga terkadang menyedot perhatian penonton.

Salah seorang peserta yang cukup menyita perhatian ialah Yulita Intan Sari atau yang biasa dipanggil Mama Lita. Tingkah Yulita memang dianggap cukup kocak.  Aksi Mama Lita dulu sempat heboh lantaran bulu matanya lepas saat menangis. Tak hanya itu, tingkah Mama Lita yang jahil dan kerap menggoda juri MasterChef Indonesia yaitu Chef Juna membuat nama Lita sering kali menjadi sorotan warganet

Sayangnya, langkah Mama Lita untuk menjadi juara MasterChef Indonesia Seasons 5 harus terhenti. Ia tereliminasi di babak empat besar ajang kompetisi memasak MasterChef Indonesia tersebut. Meski tidak menjadi juara Master Chef Indonesia, kembali berkumpul bersama keluarga tentu menjadi kebahagiaan tersendiri untuk ibu dua anak ini. 

Selalu terkenal akan tingkah kocaknya, kira-kira bagaimana ya keseharian Mama Lita saat menjadi sosok ibu? Nah, penasaran kan, berikut Liputan6.com rangkum dari akun instagram pribadi Lita, Jumat (24/5/2019). 

1. Lita bersama kedua buah hatinya saat berlibur, gemesin banget ya?

Yulita Master Chef (Sumber: Instagram/yulitamci5)

2. Lita juga pernah mendapat surat cinta dari sang anak, sosok ibu idaman nih!

Yulita Master Chef (Sumber: Instagram/yulitamci5)

3. Potret Lita bersama sang suami, selalu kompak!

Yulita Master Chef (Sumber: Instagram/yulitamci5)

4. Saat lebaran, keluarga kecil ini kompak menggunakan baju senada dengan warna merah muda

Yulita Master Chef (Sumber: Instagram/yulitamci5)

5. Tak hanya sibuk dengan keluarga kecilnya, Lita juga hadir dalam wisuda adiknya

Yulita Master Chef (Sumber: Instagram/yulitamci5)

6. Dari laman Instagramnya, wanita asal Banjarmasin ini hobi travelling dan berburu kuliner loh!

Yulita Master Chef (Sumber: Instagram/yulitamci5)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Biar Anak Tergerak untuk Salat

Posted: 23 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jangan tunggu anak sampai berumur tujuh tahun baru diajarkan untuk salat. Sebab, orangtua harus membiasakan sedini mungkin pentingnya salat, yang merupakan landasan bagi seluruh umat muslim.

Banyak cara untuk mengajak anak balita ikut salat dengan orangtuanya. Pastikan melakukannya dengan rutin agar mereka terbiasa melakukannya. Berikut caranya seperti dikutip dari Abiummi.

1. Memberi contoh

Sebagai orangtua, kewajiban kita tak berhenti hanya melaksanakan salat dan menyuruh anak melakukannya. Kita juga harus benar-benar merefleksikan kualitas ibadah kita.

Anak lebih mudah meniru apa yang orangtua lakukan ketimbang menaati apa yang diperintahkan.

Jika kita tidak disiplin dalam salat, maka jangan terlalu berharap anak akan rajin menegakkan salat. Untuk itu, selalu beri contoh anak untuk salat lima waktu dan tak pernah meninggalkannya.

 

Biasakan ke Masjid

2. Bergegas ke masjid saat adzan berkumandang

Membiasakan diri untuk segera bergegas menuju masjid atau mushola begitu mendengar adzan berkumandang merupakan salah satu cara mengajarkan anak balita dalam mengerjakan shalat. Bahkan lebih baik lagi jika kita sudah berwudhu dan berpakaian rapi sebelum adzan.

Saat adzan tiba, kita sudah berada di masjid atau sudah siap di ruang salat. Kelak anak akan selalu mengingat apa yang kerap dilakukan orang tuanya saat adzan mulai berkumandang.

3. Bangun ruang salat yang nyaman di rumah

Seorang anak belajar tentang agamanya pertama kali dari keluarga dan dari dalam rumahnya. Jadikan salat berjamaah menjadi suatu kebiasaan yang sebisa mungkin jangan pernah ditinggalkan.

Membiasakan salat berjamaah bersama anak merupakan salah satu cara mengajarkan anak balita untuk mencintai aktivitas shalat.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingatkan Tak Boleh Emosi dan Singgung Hantu, Syahrini Sindir Luna Maya?

Posted: 23 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini dan Luna Maya, sebelumnya tak tahu bakal tampil bersama di acara Shopee Ramadan Big Sale yang disiarkan langsung oleh SCTV, Kamis (23/5/2019) malam, di Balai Sarbini, Jakarta. Setelah mengetahui, mereka tetap bekerja profesional.

Baik Syahrini, maupun Luna Maya, sepakat untuk tetap tampil. Dan mereka memang tak berada di atas panggung yang sama.

Namun, dalam satu kesempatan, Syahrini lebih dulu muncul bersama Rina Nose, Ivan Gunawan, Wendy Cagur dan Azis Gagap. Kala mereka tengah berbincang, muncul Luna Maya di panggung lainnya.

Para host sepertinya tahu kehadiran Luna Maya. Dan Rina Nose, tiba-tiba menyebutkan kebutuhan Syahrini. "Kalau Inces itu kebutuhannya hanya cinta dan kasih sayang," ujar Rina Nose.

 

Sindir Luna Maya?

Rina Nose memparodikan lagu dan gaya Syahrini di panggung Shopee Big Ramadhan, Kamis, 23 Mei 2019

Jawaban Syahrini cukup mengagetkan. Benarkah, Syahrini seolah menyindir Luna Maya yang berdiri tak jauh dari panggung pemilik jargon sesuatu tersebut?

"Enggak usah emosi, nanti aura muka kayak hantu. Enggak usah, tenang, tahan," timpal Syahrini.

 

Banjir Dukungan

Luna Maya tampil sebagai host acara Shopee Big Ramadhan Sale Kamis, 23 Mei 2019 di Balai Sarbini Jakarta Selatan

Salah satu akun Instagram, @nenk_update yang diunggah di YouTube terlihat banyak warganet yang mendukung Luna Maya. Sementara, Syahrini justru di-bully.

"Luar biasa seorang luna maya..," tulis akun @acunk_2409.

Sementara akun @rosee1407 menimpali, "Gak elegan bgt nyindir2 mulu2.. honta hantu honta hantu... udh mah ngraggas bnyak omong,,, hadeh gak move on move on deh... keciri bgt."

"Sudah ku duga min, pasti beda panggung salut sama mbak @lunamaya tampak elegan dan berkelas," sambung akun @_diana.pratiwi_ dengan memberi emotikon tertawa.

Syahrini tampil sepanggung dengan Luna Maya di Shopee Big Ramadhan Sale di Balai Sarbini, Jakarta Kamis 24 Mei 2019

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Bersiap Tanpa Google

Posted: 23 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta- Jika Amerika Serikat (AS) masih tetap akan memblokir Huawei, maka perusahaan tidak lagi akan bisa menggunakan berbagai produk Google.

Beruntung, Huawei sejak 2012 dilaporkan telah mengembangkan sistem operasi (OS) alternatif sendiri.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (24/5/2019), CEO Consumer Business Group Huawei, Richard Yu, memberikan beberapa informasi mengenai OS tersebut. Menurut laporan media Tiongkok, OS tersebut saat ini bernama "HongMeng OS", bukan Kirin OS.

Diungkapkannya, OS tersebut akan segera siap pada musim gugur tahun ini. Jika semua berjalan lancar, Huawei Mate 30 Pro kemungkinan besar akan hadir dengan "HongMeng OS", bukan Android 10 Q seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Namun jika melewati batas waktu, OS mobile Huawei itu kemungkinan akan debut melalui Huawei P40 Pro pada awal tahun depan.

OS tersebut tidak hanya untuk smartphone dan tablet, tapi juga laptop Huawei sebagai ganti Windows 10. Selain itu, juga berpotensi digunakan pada perangkat wearable, TV, bahkan mobil.

Langkah Darurat

Huawei (Foto: Huawei)

Lebih lanjut, dalam sebuah wawancara dengan The Information, Richard mengakui akan segera "terpaksa" merilis ekosistem dan OS sendiri jika perusahaan tetap berada di dalam daftar hitam AS. Ia menilai keputusan AS pada pekan lalu itu sebagai "kejutan besar", dan tidak menyangka bahwa negara tersebut membatasi penggunaan Android.

"Ini (Android) adalah produk konsumen, yang tidak memiliki hubungan dengan masalah keamanan jaringan," tuturnya.

Bersamaan dengan laporan ini, The Information juga mempublikasikan beberapa temuannya terkait alternatif Android dari Huawei. OS tersebut dikenal secara internal sebagai "Project Z", dan saat ini masih jauh dari kata siap. Temuan ini tidak sejalan dengan laporan sebelumnya.

Selain itu, menurut sejumlah sumber, tujuan dari OS tersebut hanya untuk memperkuat perangkat Tiongkok Huawei ketika peralihan ke 5G telah selesai. Perusahaan tidak pernah memperkirakan kehilangan akses ke Android secara internasional.

Alhasil untuk pasar global, perusahaan kini dilaporkan menghadapi tantangan untuk menciptakan keseluruhan ekosistem aplikasi yang akan menarik minat konsumen tanpa memiliki akses ke AS. Tiongkok sendiri saat ini memiliki banyak aplikasi. meski sebagian besar layanan Google diblokir di negara tersebut.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Jelang Duel PSM Makassar Vs Badak Lampung

Posted: 23 May 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - PSM Makassar membuka musim dengan kemenangan tipis 1-0 melawan tim promosi, Semen Padang (20/5/2019). Padahal, sepanjang pertandingan pasukan Darije Kalezic tampil mendominasi dan mendapatkan banyak peluang.

Namun, peluang-peluang yang didapat tetap tak mampu membuat PSM berpesta gol. Wiljan Pluim dkk harus puas menang tipis.

Sementara itu, Perseru Badak Lampung dibuat babak belur oleh Tira Persikabo. Klub yang musim lalu menggunakan nama Perseru Serui itu takluk 0-3.

Jadi, pertandingan nanti diprediksi akan berlangsung sengit. Masing-masing klub memiliki ambisi dan motivasi tersebut.

PSM Makassar, yang kini menghuni peringkat kedelapan dengan tiga poin, berniat meraih poin penuh untuk bisa menembus papan atas klasemen sementara. Adapun Perseru Badak Lampung tak ingin lawatannya ke Makassar berujung sia-sia karena mereka bertekad mengincar kemangan perdana di Shopee Liga 1 2019.

Berikut lima fakta menarik jelang pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara PSM Makassar Vs Perseru Badak Lampung hasil rangkuman Bola.com:

5 Fakta Menarik

1. Pertemuan ini menjadi yang pertama buat PSM Makassar setelah berganti nama menjadi Perseru Badak Lampung. Ketika masih bernama Perseru Serui, PSM Makassar hanya menelan sekali kekalahan dan sukses meraih tujuh kemenangan serta tiga kali imbang.

2. Satu-satunya kekalahan PSM dari Perseru Badak Lampung (ketika masih bernama Perseru Serui) terjadi pada ISC A 2016 yakni dengan skor 1-0 (16/5/2019).

3. Pada pertemuan terakhir di Piala Indonesia 2018, PSM berhasil mengalahkan Perseru Badak Lampung (ketika masih bernama Perseru Serui) dengan agregat 11-0.

4. PSM selalu berhasil mengalahkan tim yang baru berganti nama. Hal itu dibuktikan pada musim 2018 ketika dua kali menang melawan PS Tira dengan skor 4-3 dan 2-1 (yang musim sebelumnya memakai nama PS TNI).

5. PSM Makassar sudah tak terkalahkan dalam 16 laga terakhir di Stadion Andi Mattalata atau sejak 6 April 2018. Kekalahan terakhir diraih Pasukan Ramang di kandang sendiri ketika menyerah 2-3 dari Persela Lamongan di Liga 1 2018.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Kelebihan Gandeng Konsultan saat Mulai Bisnis

Posted: 23 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buat yang baru pertama kali memulai bisnis, pasti terasa ngeri-ngeri sedap. Penuh dengan tantangan dan tegangan. Salah sedikit saja bisa berakibat bangkrut sebelum bertumbuh.

Perlu perhitungan yang cermat agar setiap pengeluaran bisa efektif. Salah satunya dengan menggunakan jasa konsultan bisnis. Berikut kelebihan yang akan kamu dapatkan menurut Swara Tunaiku.

1. Bisa Memecahkan Berbagai Masalah

Dalam menekuni bisnis, pasti ada lika-likunya, kan? Kadang pemasukan naik, kadang pula turun. Di titik itulah konsultan bisnis berperan untuk menstabilkan cash-flow perusahaanmu.

Ia akan mengamati serta meneliti beragam akar permasalahan dalam perusahaan. Kemudian memberi solusi yang efektif agar bisnis tetap berjalan.

Untuk mengoptimalkan pemecahan masalah tersebut perlu komunikasi yang intensif. Setidaknya komunikasi dua-arahnya lancar karena berkaitan erat dengan kelangsungan bisnismu. Terutama jika bisnismu masuk kategori startup. Maka, mesti aktif dalam merespons beragam persoalan masyarakat serta perubahan secara global.

2. Membantu Ketahui Target Pasar

Ilustrasi./Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

Keinginan pasar bersifat mutlak. Betapa pun bagusnya barang atau jasa yang kamu jual, tetap mesti tunduk pada keinginan pasar.

Peran konsultan bisnis di sini untuk memastikan barang atau jasa yang kamu jual sesuai dengan keinginan pasar. Alhasil, kamu jadi bisa lebih menekan ego dan mengikuti perkembangan yang ada di pasar. 

Bagaimana respons konsumen ketika keinginannya bertolak belakang dengan pelayanan perusahaanmu? Padahal, orientasi perusahaan semata untuk meraih keuntungan serta cash-flow yang lancar.

Apabila tidak bisa menyesuaikan dengan kondisi pasar, maka sulit untuk mempertahankan bisnis. Baik yang fokus dalam produksi barang maupun di sektor jasa.

3. Ia Turut Berperan dalam Membangun Tim

Bisnis yang sukses selalu memiliki tim solid. Baik solid di dalam maupun ketika bersentuhan langsung dengan konsumen. Bukankah bisnismu memiliki visi dan misi jangka panjang?

Untuk membangun tim yang solid itu perlu waktu lama. Namun, dengan adanya konsultan bisnis, waktu lama tersebut bisa dipangkas secara efektif.

Soal membangun tim itu tidak hanya saat proses merekrut karyawan baru. Akan tetapi bagaimana caranya menumbuh-kembangkan antusiasme di dalam dada mereka. Misalnya, setiap bulan sekali, tim yang menjalankan bisnis kamu ajak jalan-jalan ke Pulau Bali. Istilahnya refreshing biar tidak merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari.

4. Beri Ide Baru demi Perkembangan Bisnis

Bagaimana menjalankan bisnis bersama dengan keluarga? Berikut tipsnya.

Sebagai penggerak bisnis, tentu kamu mesti memiliki ide segar nan brilian. Setiap konsultan bisnis tentu memiliki wawasan luas tentang tren bisnis di masa depan. Cobalah untuk berdiskusi mengenai ide-ide segarmu. Maka, ia yang akan membantu mengarahkan agar ide tersebut klop dengan laju perkembangan zaman.

Untuk menciptakan ide baru nan eksklusif, perlu sekali untuk terus brainstorming. Baik saat mengelola bisnis, karyawan, serta di kala santai. Lalu lebih peka lagi ketika berinteraksi dengan para konsumen. Temukan apa yang selama ini menjadi kendala mereka. Kemudian lewat perusahaanmu, masalah tersebut dipecahkan dalam sebuah karya.

5. Optimalkan Bisnis yang Kamu Miliki

Para konsultan bisnis itu bertugas untuk mengembangkan laju bisnismu. Jadi, mereka pasti tahu di mana celah agar bisa memaksimalkan bisnismu yang sudah lancar.

Setiap kali terjun ke dalam persaingan ketat, memang perlu sekali inovasi untuk bertahan. Sedangkan untuk mengoptimalkan laju bisnis tersebut, kamu tidak bisa bekerja seorang diri.

Betapa pentingnya peran seorang konsultan bisnis sehingga ia tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Membangun mental satu karyawan itu mudah. Namun, untuk membangun belasan atau bahkan puluhan karyawan, perlu sosok yang andal di bidang pengembangan minat dan antusias. Sebab, hidup-mati perusahaan ada di tanganmu dan tangan para karyawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia akan Operasikan 4 Pesawat Khusus Cargo

Posted: 23 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan menambah jumlah pesawat cargo menjadi 4 unit dalam waktu dekat. Ini sebagai respon atas semakin meningkatnya permintaan pengiriman barang lewat udara.

Seiring menggeliatnya e-commerce membuat volume pengiriman barang semakin meningkat.

Selain itu, jumlah ekspor ikan yang terus naik dari sentra-sentra perikanan di wilayah Indonesia bagian timur juga mendorong bertumbuhnya permintaan jasa cargo udara.

Saat ini Garuda Indonesia telah mengoperasikan dua pesawat cargo, yakni tipe Boeing 737-300 dan Boeing 737-400, yang masing-masing berkapasitas angkut 15 dan 18 ton.

Dalam beberapa waktu ke depan, perseroan akan menambah dua pesawat kargo, yaitu Airbus A330 yang berkapasitas angkut 60 ton dan Boeing 737-800 yang berkapasitas angkut 23 ton.

Direktur Kargo dan Pengembangan Bisnis Garuda Indonesia Mohammad Iqbal mengatakan, dua pesawat yakni A330 dan B737-800 akan melayani kargo untuk rute regional karena kapasitasnya lebih besar. Sekaligus, akan meningkatkan efisiensi dalam pengiriman barang.

"Selama ini pesawat yang membawa cargo dari daerah harus transit ke Bandara Soekarno-Hatta sebelum barang tersebut melanjutkan ke daerah tujuan. Dengan bertambahnya pesawat khusus cargo, hal ini akan meningkatkan efisiensi dalam pengiriman barang, karena langsung menuju ke tujuan tanpa harus transit di Jakarta," kata Mohammad Iqbal.

Dua pesawat tersebut masih dalam proses konversi yang dikerjakan oleh anak usaha Garuda Indonesia, PT GMF AeroAsia Tbk (GMF).

 

Dukung Ekspor Perikanan

Nelayan memindahkan ikan laut hasil tangkapan di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (26/10). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan hasil ekspor perikanan Indonesia menunjukkan peningkatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Iqbal menuturkan, tambahan pesawat cargo yang dioperasikan tersebut juga dalam rangka untuk mendukung ekspor perikanan nasional.

Sebagaimana diketahui, saat ini ekspor perikanan nasional terus mengalami peningkatan. Agar komoditas tersebut tetap terjaga kesegarannya hingga ke tujuan, layanan cargo yang handal sangat diperlukan.

"Semisal dari Makassar, Manado atau Ambon sebagai Hub akan mengumpulkan ikan dari pulau-pulau sumber ikan di sekitarnya dan selanjutnya akan dibawa langsung ke pasar ekspor dengan pesawat A330 dan B737-800 bisa direct flight ke China atau Jepang," kata Iqbal.

Penambahan pesawat khusus cargo ini dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan perseroan di luar non-penumpang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri Ayam Tiren yang Perlu Diwaspadai, Jangan Sampai Salah Beli

Posted: 23 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ayam adalah daging yang paling populer di dunia. Ada banyak jenis ayam, termasuk ayam kampung, ayam boiler, ayam ras, dan masih banyak lagi. Menjelang hari raya seperti Lebaran, permintaan daging ayam meningkat pesat.

Ayam menjadi bagian dari hampir setiap masakan dan dianggap sebagai sumber lezat untuk mendapatkan protein. Saat lebaran, ayam menjadi pilihan berbagai hidangan seperti opor, gulai, ayam goreng, atau ayam bakar. Tak jarang, karena meningkatnya permintaan daging ayam saat hari raya, harga ayam turut melambung.

Hal ini dimanfaatkan sejumlah oknum tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan. Bukannya ayam segar yang ditawarkan, oknum tersebut malah menjual ayam tiren. Istilah ayam tiren merujuk pada ayam yang tidak layak dikonsumsi karena merupakan ayam yang mati sebelum disembelih. Tiren merupakan singkatan dari "mati kemarin".

Karena tidak segar, konsumsi ayam tiren justru akan meracuni tubuh. Sudah banyak kasus keracunan yang timbul akibat konsumsi ayam tiren. Ada perbedaan yang dapat di temukan antara ayam segar dan ayam tiren. Agar lebih waspada, berikut ciri ayam tiren yang berhasil liputan6.com lansir dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Indonesia, Jumat (24/5/2019).

Warna daging

ilustrasi ayam/copyright Shutterstock

Ciri fisik daging dapat mengindikasikan apakah ayam tersebut segar atau tidak. Ada perbedaan antara warna daging ayam segar dan daging ayam tiren. Pada ayam tiren, warna daging akan terlihat kuning tidak wajar.

Terdapat pula memar dan cairan darah warna gelap. Kulit daging juga akan penuh bercak-bercak merah dan disana-sini ada warna kebiru-biruan. Sementara ayam segar memiliki warna putih segar tidak pucat dan kuning.

Konsistensi dagingnya tiren cenderung agak lemah sampai dengan lemah sekali pada. Ini berbeda sekali dibandingkan daging ayam dari pemotongan normal, di mana konsistensinya kenyal.

Organ dalam

Hati ayam  (Sumber foto: lintasanberita.com)

Pada ayam tiren, hati akan memiliki warna cokelat gelap hingga kehitaman. Penampilan hati pada ayam tiren berwarna cokelat hitam (gelap). Sedangkan hati pada hasil pemotongan ayam normal berwarna merah-coklat terang dan cenderung segar.

Sedangkan karakteristik fisik pada usus dari ayam tiren terdapat banyak darah pada pembuluh kapiler usus dan terkadang pembekuan darah lebih banyak hingga menghasilkan warna yang lebih gelap. Sedangkan pada usus ayam normal, akan memiliki warna kuning segar.

Aroma

Daging ayam potong segar di Pasar Slipi. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Aroma daging ayam tiren akan berbau amis yang tidak nyaman. Terkadang aroma pada ayam tiren bisa mendekati bau busuk. Sedangkan daging dari ayam yang sehat mempunyai aroma khas, bau normal serta cita rasa yang segar dan tidak amis.

Selain itu, ketika membeli daging ayam, ayam mati kemarin dapat dilihat dari urat nadi di leher. Jika ayam disembelih dalam kondisi sudah mati, maka urat leher tidak akan putus. Namun jika ayam mati melalui proses disembelih, lehernya akan mengalami kontraksi sehingga urat leher pasti putus.

Ciri Khusus ayam tiren

Pada umumnya penjualan daging ayam tiren dilakukan sore atau malam hari dengan harga yang murah dalam bak atau ember dan direndam dalam formalin dengan menggunakan pewarna kuning. Ciri khas daging ayam tiren yang mudah dikenali dalah tubuh karkas lebam, terlihat kebiru-biruan.

Ayam tiren biasanya dijual dalam wadah yang berair, atau dibuat suasana basah, agar terlihat segar. Dengan obat tertentu warna daging ayam tiren bisa mirip daging ayam sehat. Namun, bila dicicipi seperti ada rasa obat atau bahan kimia.

Setelah daging digoreng dan kulit disobek, warna daging akan menunjukkan kemerah-merahan. Apabila ayam tiren gorengdiwadahi plastik, dalam perjalanan ada genangan air bercampur darah.

Selain itu, bekas potongan leher ayam tiren akan terlihat rata atau rapih. Ayam tiren juga dapat dijual setengah matang, yang diwarnai kuning. Untuk mengeceknya, Anda cukup membuka kulit ayam kuning tersebut. Jika merupakan ayam tiren biasanya di antarakulit dan daging terlihat bercak-bercak darah yang telah membeku.

Ciri daging ayam formalin

ilustrasi ayam/copyright Shutterstock

Selain mengetahui ciri ayam tiren, penting juga untuk mengetahui ciri ayam formalin. Dalam beberapa kasus, ayam tiren yang diperjualbelikan akan direndam dengan formalin agar lebih tahan lama dan terlihat seperti ayam segar.

Ayam berformalin memiliki bau khas formalin yang menyerupai bau obat. Jika dicium dagingnya akan berbau obat. Warna kulitnya lebih pucat dibanding daging ayam segar, tidak rusak selama dua hari pada suhu kamar 25-27oC. Pada bagian paha sampai kaki terlihat kaku, tidak dikerumuni lalat, dan teksturnya sangat kencang.

Ciri daging ayam gelonggongan

Ayam gelonggongan atau ayam suntik adalah ayam yang disuntik air pada bagian dada, paha, dan punggungnya, sehingga ayam yang kecil pun akan terlihat besar badannya. Ciri-cirinya adalah bila digantung atau diangkat, daging ayam meneteskan banyak air. Sedangkan bila diletakkan, ayam akan terlihat basah dengan air yang menggenang di sekitarnya.

Selain itu, kulit ayam terlihat mengkilap dan tidak kesat, Daging ayam akan terasa tidak lembek dan agak kencang saat ditekan, Daging ayam akan mengeluarkan banyak air dan menyusut saat dimasak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perempat Final Piala Sudirman 2019: Indonesia 1-0 Chinese Taipei

Posted: 23 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Nanning - Tim bulu tangkis Indonesia untuk sementara memimpin 1-0 atas Chinese Taipei pada perempat final Piala Sudirman 2019. Laga ini dimainkan di Guangxi Sports Center Gymnasium, Nanning, Tiongkok, Jumat (24/5/2019) pagi WIB.

Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon menyumbang poin pertama untuk Indonesia lewat partai pertama perempat final Piala Sudirman 2019. Ganda putra nomor satu dunia itu mengalahkan Lee Yang / Wang Chi-Lin 21-17 dan 21-17 dalam waktu 43 menit.

Meski menang dua game langsung, tak mudah bagi Kevin / Marcus untuk mengalahkan Lee / Wang. Pasangan berjuluk Minions itu selalu mendapatkan perlawanan ketat.

Dengan hasil ini, Kevin / Marcus menambah keunggulan rekor pertemuan dengan Lee / Wang menjadi 2-0. Sebelumnya, Kevin / Marcus mengalahkan Lee / Wang di Malaysia Open, Maret lalu, dengan skor 21-13 dan 21-12.

Di partai kedua perempat final Piala Sudirman 2019 yang memainkan nomor tunggal putri, Indonesia menurunkan Gregoria Mariska Tunjung. Gregoria akan meladeni pemain nomor satu dunia, Tai Tzu Ying.

 

Susunan pemain Chinese Taipei vs Indonesia

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Piala Sudirman 2019. (twitter.com/INABadminton)

Ganda putra

Lee Yang / Wang Chi-Lin vs Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo - 21-17, 21-17

Tunggal putri

Tai Tzu Ying vs Gregoria Mariska Tunjung

Tunggal putra

Chou Tien Chen vs Jonatan Christie

Ganda putri

Pai Yu Po / Wu Ti Jung vs Greysia Polii / Apriyani Rahayu

Ganda campuran

Wang Chi-Lin / Hsieh Pei Shan vs Praveen Jordan /Melati Daeva Oktavianti

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gejala Kanker Nasofaring yang Serang Ustaz Arifin Ilham

Posted: 23 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Arifin Ilham meninggal usai berjuang lawan kanker nasofaring. Penyebab kanker akibat sel ganas terbentuk di jaringan atas tenggorokan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Jaya Pastikan Situasi Jakarta Sudah Kondusif

Posted: 23 May 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono memastikan kondisi dan situasi Jakarta sudah kondusif. Masyarakat dapat beraktivitas normal kembali pasca-kerusuhan yang terjadi pada 21 sampai 22 Mei 2019.

"Ya, alhamdulillah kondusif, ya," kata Gatot saat meninjau situasi di depan Gedung Bawaslu, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Gatot mengatakan, aparat keamanan bersama dengan warga Jakarta menjaga situasi agar kondisi keamanan tetap kondusif bagi seluruh masyarakat beraktivitas.

"Kami beserta seluruh warga Ibu Kota juga menjaga iklim kondusif dari kemarin, hari ini, dan selanjutnya," ujarnya.

Gatot datang sekitar pukul 09.00 WIB untuk meninjau situasi dan kondisi terkini di depan Gedung Bawaslu dan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Situasi di sekitar Gedung Bawaslu hingga saat ini terlihat aman. Lalu lintas dari arah Jalan Agus Salim menuju kawasan Tanah Abang juga lancar.

Sementara itu, sejumlah aparat keamanan terpantau tetap siaga di sepanjang Jalan MH Thamrin. Mereka menambah kawat berduri di beberapa lokasi, seperti samping pusat perbelanjaan Sarinah hingga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sarinah ,dan sepanjang jalur Transjakarta di jalan tersebut.

Warga Diminta Tidak Khawatir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi RS Tarakan, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (Liputan6.com/ Fachrur Rozie)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga untuk tidak khawatir bepergian karena kondisi Ibu Kota relatif tenang dan aman setelah kericuhan 22 Mei.

"Jangan khawatir pergi ke mana saja, Jakarta aman. Hari ini semuanya sudah relatif tenang, karena itu saya menganjurkan kepada seluruh warga Jakarta berkegiatan seperti biasa," kata Anies usai pertemuan tertutup bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan tokoh-tokoh bangsa di Jakarta, Kamis 23 Mei 2019.

Sejumlah titik, yang beberapa waktu lalu terjadi kericuhan, kini sudah tenang. Anies juga meminta para pedagang di Tanah Abang untuk kembali beraktifitas supaya kegiatan perekonomian tidak terganggu.

"Ruas Jalan Thamrin dan beberapa jalan di sekitar Tanah Abang, Petamburan, Slipi sempat ada ketegangan, tapi sekarang, hari ini, semuanya sudah relatif tenang. Tanah Abang juga besok mulai kegiatan lagi," katanya.

Terkait rencana aksi damai untuk mengantarkan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Prabowo-Sandiaga, Anies mengatakan tidak ada skenario khusus untuk pengawalan dan pengamanannya.

"Tidak ada yang khusus, karena prosesnya konstitusional, jadi biar dikawal secara konstitusional juga," ujar Anies Baswedan dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Islam Agama Cinta karena Menuntut Umatnya Beriman

Posted: 23 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Quraish Shihab mengungkapkan Islam merupakan agama cinta.

Mengapa Islam dikatakan agama cinta? Karena Islam menuntut umatnya untuk beriman dan berislam. Allah menciptakan manusia tidak hanya dilihat dari konteks keimanannya, tapi Dia juga menciptakan alam dan segala isinya untuk manusia.

"Semua yang ada di langit dan bumi ditundukkan oleh Allah karena cintanya kepada manusia," ucap Quraish Shihab.

Karena itu cintailah Allah, karena Dia mencintai umatnya. Bentuk kecintaan lainnya yang diungkap oleh Quraish Shihab adalah mencintai Rasul. Karena Rasul mencintai manusia, sebelum manusia mencintainya.

Cendikiawan muslin ini pun berpesan agar setiap orang mencintai dirinya sendiri. "Jangan menjerumuskan sesuatu yang dapat merugikannya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Poltekpar Lombok Gandeng Kedubes Prancis Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Mahasiswa

Posted: 23 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menggandeng Atase Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia bekerja sama guna meningkatkan kualitas mahasiswa terutama dalam hal berbahasa Prancis.

Wakil Direktur Poltekpar Lombok Farid Said saat menerima Tim Kedubes Perancis di Lombok, Jumat (17/5/2019) mengatakan, ada 3 fokus kerja sama Poltekpar Lombok dengan Kedutaan Besar Prancis.

"Pertama, kerja sama pengiriman tenaga ahli pariwisata dan perhotelan, kedua membantu menyediakan buku-buku pariwisata di perpustakaan dan ketiga menyediakan native speaker bahasa Prancis," kata Farid. 

Farid berharap, kerja sama ini segera dijajaki tahun ini dengan realisasinya pada tahun depan.

"Ini momentum yang tepat semoga bisa dimanfaatkan oleh Poltekpar Lombok untuk meningkatkan kualitas berbahasa para mahasiswanya," katanya.

Tim Kedubes Prancis yang diwakili Phillipe Grange merespon positif perkembangan Poltekpar Lombok yang telah banyak membuat terobosan meskipun baru berdiri selama tiga tahun.

"Poltekpar Lombok sudah masuk dalam daftar untuk diberikan bantuan dosen bahasa Prancis," katanya.

Kepala Biro Komunikasi Publik Poltekpar Lombok, Guntur Sakti menuturkan, perguruan Tinggi pariwisata merupakan harapan nasional khususnya Provinsi NTB untuk mencetak tenaga siap kerja yang akan mengisi kebutuhan kawasan ekonomi khusus pariwisata Kuta Mandalika.

Terlebih dalam beberapa tahun kedepan Kawasan Mandalika bakal dijadikan sebagai salah satu tempat penyelenggaraan event balap motor dunia MotoGP yang direncanakan dihelat pada 2021.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Real Madrid Sangat Berharap Tuah Zidane

Posted: 23 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Legenda Real Madrid, Jorge Valdano, menilai Los Blancos harus berterima kasih kepada Zinedine Zidane atas kepulangannya. Bahkan, ia menyebut seharusnya Zidane memiliki patung di Santiago Bernabeu.

Seperti diketahui, Zidane mengumumkan kepergiannya dari Real Madrid setelah memenangkan tiga Liga Champions berturut-turut. Setelah lebih dari sembilan bulan menganggur, Zidane kembali untuk memimpin Real Madrid dengan cara yang tak terduga.

Dalam sembilan bulan itu, Los Blancos memecat dua pelatih karena hasil yang buruk. Madrid secara memalukan tersingkir dari Liga Champions dan Copa del Rey sebelum Zidane kembali untuk mengambil alih.

Real Madrid telah mengalami Musim yang mengerikan, yang jauh di bawah standar tinggi mereka. Kembalinya Zidane juga tidak banyak membantu, setelah Los Blancos hanya mampu finis ketiga di liga, 19 poin di belakang saingan beratnya Barcelona.

Sejak Zidane kembali, Real Madrid menderita empat kekalahan dalam 11 pertandingan.

Tindakan Heroik

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (AP/Paul White)

Valdano mengklaim bahwa kembalinya Zidane adalah tindakan heroik, yang mengambil alih kekuasaan meskipun ada musuh di musim yang sudah buruk. Zidane harus mendapatkan hak untuk merancang pasukannya sendiri.

"Kembalinya Zidane, bagi saya, hampir merupakan tindakan heroik. Dia tahu itu berisiko, tetapi dia melakukannya. Presiden, dan klub, harus sangat bersyukur. Dia harus memiliki patung di sini di Santiago Bernabeu, dan yang lain di Taman Florentino."

Skuat Baru

"Risiko yang dia ambil akan ditukar dengan memiliki kekuatan untuk merancang skuad untuk musim depan." Sekarang Zidane harus mengumpulkan sesuatu yang baru, dengan pemain baru," kata Valdano.

Real Madrid akan membawa beberapa bala bantuan tetapi musim mendatang akan menjadi ujian nyata bagi Zidane, yang menikmati kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam tugas pertamanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jenazah Ustaz Arifin Dimakamkan di Ponpes Az Zikra

Posted: 23 May 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Halaman pondok pesantren Az Zikra Bogor Jawa Barat menjadi tempat peristirahatan terakhir Ustaz Arifin Ilham. Ribuan orang mengantar jenazahnya hingga ke liang lahat. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beringasnya Perusuh Aksi 22 Mei, Ya Allah Mereka Bukan Massa Kami...

Posted: 23 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - "Ini bukan massa kami, ini bukan massa kami, Ya Allah, ini bukan massa kami, mereka bukan massa kami... lihat mereka..." Suara lirih terdengar dari sebuah rekaman kerusuhan 22 Mei yang beredar.

Kerusuhan 21-22 Mei menyisakan pil pahit. Sejumlah fasilitas umum dirusak perusuh. Ratusan orang dirawat di rumah sakit akibat bentrokan tersebut. Tujuh orang tewas dalam peristiwa berdarah bulan puasa tahun ini.

Dalam video yang tersebar, massa entah dari mana datangnya dengan beringas melempari sebuah bangunan di jalan Wahid Hasyim. Ketepel, tombak, dan juga petasan menjadi senjata kelompok perusuh.

"Ini di jalan Wahid Hasyim, banyak massa yang mendadak datang membawa alat, seperti ketepel, tongkat. Dan mereka tidak memakai atribut-atribut layaknya pejuang penuntu keadilan," ujar suara di balik telepon pintar yang merekam aksi brutal tersebut.

Para demonstran yang berusaha menyetop aksi perusuh tersebut tidak digubris. Bahkan mereka memaki demonstran yang berusaha para perusuh berhenti berbuat perusakan.

Seorang pria berdiri di depan gedung Sarinah, Jakarta, pascarusuh polisi dan massa, Kamis (23/5/2019). Kerusuhan di sekitar Bawaslu pada 22 Mei 2019 malam menyisakan kerusakan di berbagai titik, salah satu yang jadi korban adalah logo 'Sarinah' yang ikonik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Mereka bukan massa kita. Ketika ada yang menahan mereka malah marah, ketika ada yang menahan mereka malah beringas," ujar suara tersebut lirih.

Para perusuh diduga sudah mempersiapkan diri mereka dengan petasan, ketepel, serta senjata tumpul dan tajam untuk berbuat onar di tengah aksi 22 Mei.

Gambaran tersebut mengkonfirmasi penjelasan pihak kepolisian dimana aksi 21-22 Mei terbagi dalam dua segmen, yaitu massa damai dan gerombolan perusuh.

Massa yang memulai aksi pada Selasa 21 Mei 2019 mulai siang dan diakhiri Salat Teraweh bersama, cukup kooperatif dalam menyuarakan aspirasinya.

"Bahkan tanpa sekat. Buka bersama, teraweh bersama dengan TNI-Polri, ini menyejukan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen, Irjen M Iqbal, Kamis 23 Mei.

Namun ketegangan mulai muncul pada pukul 22.30 WIB di mana massa yang entah mengatasnamakan apa merangsek barisan demonstran yang tengah beristirahat menunggu bubar. Mereka membabi buta melemparkan batu, ketapel, dan membakar apa yang mereka lintasi.

Pejalan kaki melintas di dekat dua motor yang rusak pascakerusuhan di sekitaran Jakarta, Kamis (23/5/2019). Aksi unjuk rasa itu dilakukan menyikapi putusan hasil rekapitulasi nasional Pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aksi tersebut berlangsung hingga pagi. Aparat TNI-Polri berhasil meredam amuk gerombolan perusuh tersebut. Namun, kerusuhan meluas ke Tanah Abang dan Slipi. Massa membakar Asrama Polisi di Petamburan. Kendaraan-kendaraan yang terparkir pun ikut menjadi sasaran amuk massa.

"Massa diduga dimobilisasi, di-seting, by design. Dan sekarang kami dalami. Polri sangat profesional siapa sebenarnya yang menggerakan mereka," kata Iqbal.

Sementara kerusuhan pecah di Tanah Abang dan Slipi, kawasan Thamrin tepatnya depan kantor Bawaslu massa aksi mulai berkerumun. Polisi menaksir jumlah massa adalah enamribu orang. Jumlah tersebut sudah termasuk ratusan provokator yang menyusup di tengah demonstran.

"Kami perkirakan dari enamribu ada 300an yang tergolong provokator," kata Iqbal.

 

Provokator Merangsek

Massa melempar batu ke arah aparat keamanan saat terjadi bentrok di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Rabu (22/5/2019). Kerusuhan ini buntut aksi 22 Mei menolak hasil Pilpres 2019 yang diumumkan oleh KPU. (Liputan6.com/Gempur Muhammad Surya)

Saat kerusuhan pecah di depan Bawaslu, massa damai yang disebut Iqbal, perlahan mundur. Namun 300an provokator terus merangsek ke arah barikade polisi yang berjaga.

"300 perusuh ini terus menyerang membabi buta kepada petugas, tidak sedikit fasilitas umum dirusak," beber Iqbal.

23 Mei dini hari, suasana berangsur kondusif. Letusan gas air mata tidak terdengar lagi di lokasi kerusuhan. Meski demikian, sisa-sisa amukan perusuh terlihat jelas di sekitar Bawaslu, Sarinah, dan Jl Wahid Hasyim.

300-an lebih provokator ditangkap dari berbagai tempat berbeda; patung kuda, Jl Wahid Hasyim, sekitar Bawaslu, Menteng, Gambir, dan sekitar Slipi. Penyelidikan sementara, terungkap mereka merupakan massa bayaran. Bukti-bukti yang ditemukan cukup kuat, yaitu amplop berisi uang dan lengkap dengan nama-nama penerima. Serta uang sebesar Rp 6 juta untuk operasional aksi.

Polisi menggiring tersangka kasus ambulans Partai Gerindra membawa batu dalam Aksi 22 Mei saat rilis di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Lima tersangka merupakan mereka yang berada di ambulans dan enam lainnya diduga massa perusuh dalam Aksi 22 Mei 2019. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Polisi juga menemukan rekaman pertemuan para perusuh dengan pihak yang diduga mendanai kerusuhan.

Tujuh orang tewas dalam peristiwa tersebut. Satu diantaranya terkena peluru tajam. Iqbal mengatakan, atas perintah Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Polri sudah membentuk tim meninggalnya korban dari massa yang melakukan aksi 21 dan 22 Mei 2019.

"Untuk itu Bapak Kapolri sudah membentuk tim. Membentuk tim investigasi yang dipimpin oleh Irwasum Polri," kata Iqbal di Media Center Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Tujuan pembentukan tim, untuk mencari penyebab dari kematian saat aksi 21 dan 22 Mei 2019, apalagi ada pihak yang menyebut karena luka tembak. "Untuk mengetahui apa penyebabnya dan semua aspek," jelas Iqbal.

Dia menegaskan, mereka yang meninggal adalah massa perusuh saat aksi 21 dan 22 Mei 2019. Bukan dari massa yang melakukan aksi damai, ataupun masyarakat biasa.

"Itu yang harus diketahui oleh publik, bahwa yang meninggal dunia adalah massa perusuh. Bukan massa yang sedang berjualan, massa yang beribadah, tidak. Sudah membentuk tim investigasi terhadap diduga meninggalnya 7 orang massa perusuh," Iqbal memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meksiko Jual Mobil Mewah Koruptor, Sumbangkan Hasilnya ke Warga Miskin

Posted: 23 May 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Mexico City - Lusinan mobil mewah yang dirampas dari para politikus dan mafia Meksiko akan dilelang secara publik pada akhir pekan ini, sebagai bagian dari perang anti-korupsi yang dilakukan oleh presiden negara itu, yang berhaluan sayap kiri, Andrés Manuel López Obrador.

López Obrador telah bersumpah bahwa hasil dari lelang pada hari Minggu itu akan disalurkan ke dalam program sosial untuk masyarakat kurang mampu di Meksiko.

"Kami mengundang semua orang untuk ambil bagian (dalam lelang)," kata López Obrador, yang menjabat sejak Desember lalu, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (24/5/2019).

"Segala sesuatu yang disita (dari penjahat) akan diserahkan kembali ke masyarakat, terutama untuk mereka yang masih hidup kekurangan di negara ini," lanjutnya mengingatkan.

Ricardo Rodríguez Vargas, direktur lembaga nasional yang baru dibuat untuk mengembalikan barang-barang curian kepada rakyat Meksiko, mengatakan bahwa 82 kendaraan sitaan senilai 1 juta poundsterling (setara Rp 18,3 miliar) akan dilelang secara terbuka pada hari Minggu.

Deretan mobil mewah itu termasuk Lamborghini Murcielago, Ford Shelby, sedan Corvette merah, Hummer 2009, koleksi SUV anti peluru dan sebuah Volkswagen Beetle klasik berusia 29 tahun.

Mengakhiri Sistem Anomali Robin Hood

Bendera Meksiko (AP/Marco Ugarte)

Agenda lelang akan digelar di Los Pinos, sebuah bangunan bekas kediaman presiden di Mexico City, yang baru-baru ini diubah menjadi pusat budaya publik oleh López Obrador.

Vargas menggambarkan pelelangan sebagai upaya untuk mengakhiri sistem "anomali Robin Hood" di mana "segala sesuatu diambil dari orang-orang dan diberikan kepada para koruptor".

Dia berkata: "Tidak lagi. Sekarang, perintahnya adalah mengembalikan barang-barang ini kepada rakyat, yang adalah pemilik sah, secara cepat, jelas (dan) transparan," jelas Vargas.

Dua lelang lainnya, yakni untuk sebuah rumah mewah dan perhiasan emas, akan diadakan dalam beberapa pekan mendatang.

Janji Memurnikan Politik Meksiko

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador (AFP/Alfredo Estrella)

Janji López Obrador untuk "memurnikan" politik Meksiko, telah menarik perhatian luas pemilih yang lelah atas maraknya kasus korupsi negara itu. Dukungan tersebut memberinya kemenangan besar Juli lalu.

Dalam jajak pendapat selama hampir enam bulan, rakyat Meksiko memberi López Obrador sekitar 70 persen untuk memimpin negara itu.

Namun, beberapa kritik menuding pelelangan hari Minggu itu tidak lebih dari pengalihan isu. Mereka mengatakan ada sedikit substansi terkait sumpah López Obrador untuk memberantas korupsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keren, PT AP II Hadirkan Halal Park di Terminal 3 Soetta

Posted: 23 May 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengerjaan Halal Park di Plaza Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta terus dikebut. Sejumlah tenan sudah 'siap huni', bahkan sudah ada yang terisi aneka produk. Sementara sebagian yang lain masih tahap finishing atau pengerjaan.

"Halal Park dibangun oleh PT Angkasa Pura II, dan diupayakan pengerjaan tahap pertama ini selesai secepatnya. Rencananya, Halal Park akan dibuka dan diresmikan pekan ini," ujar Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, Selasa (21/5).

Menurutnya, kawasan Halal Park menempati lahan seluas 8.000 meter persegi. Di sini, pengunjung tidak hanya bisa membeli makanan dan minuman halal, tetapi juga menghadirkan retail halal.

"Untuk tahap pertama, dihadirkan 40 tenant dari berbagai bidang usaha. Antara lain makanan, ritel, fashion, kecantikan, perbankan BUMN, perbankan syariah, usaha mikro kecil menengah (UMKM), pegadaian, zakat, hingga co-working space. Nantinya, Halal Park akan memiliki 120 tenant.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan, Halal Park bukan sekadar tempat belanja biasa. Tapi sekaligus memperkenalkan nilai-nilai agama. Seperti menghadirkan alunan musik Islami, termasuk menampilkan lembaga-lembaga yang menerima penyaluran zakat, infaq, dan shadaqah.

"Halal Park di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bakal menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi traveller dan pengunjung bandara. Mereka bisa berkeliling di Halal Park, baik untuk belanja maupun sekadar melihat-lihat produk yang ditawarkan. Dijamin seru dan menarik," ungkapnya.

Diakui Awaluddin, Halal Park akan menjadi langkah awal untuk menghadirkan Halal Lifestyle Distrik di Bandara Soekarno-Hatta. Setelah Halal Park beroperasi pada Mei ini, PT Angkasa Pura II akan membangun Halal Lifestyle District yang dimaksud.

"Halal Lifestyle Distrik akan menghadirkan hotel bintang 4 dan bintang 3. Ada juga function hall, office space, termasuk halal and lifestyle retail. Secara keseluruhan, proyek ini ditargetkan tuntas tahun 2021," bebernya.

Lebih jauh Awaluddin mengatakan, Halal Lifestyle Distrik untuk mendukung Indonesia sebagai tujuan utama wisata halal di dunia. Pihanya akan membuat Soekarno-Hatta bukan sekadar bandara, tetapi juga pusat kegiatan ekonomi dan pariwisata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku sangat mengapresiasi hadirnya Halal Park tersebut. Baginya, ini adalah terobosan brilian. Terlebih, bandara merupakan tempat yang selalu disinggahi ribuan orang setiap harinya. Hadirnya Halal Park bakal menarik perhatian para turis, baik nasional maupun mancanegara.

"Halal Park bisa sekaligus menjadi daerah wisata belanja. Terpenting, gagasan pembangunan Halal Park harus didukung dengan produk-produk yang ditawarkan. Produk yang masuk harus berkualitas dan memiliki daya tarik tinggi. Tidak boleh asal-asalan agar pengunjung tidak kecewa," ingatnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Kekasih Lega, Pria Ini Rela Ditampar 52 Kali di Depan Umum

Posted: 23 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu, hari Senin (20/5/2019) mungkin kamu banyak menjumpai '520' yang dibagikan di media sosial. Pada tanggal ini juga disebut dengan hari Valentine di Tiongkok.

Pada hari tersebut banyak dari pasangan di Tiongkok yang keluar bersama dengan pasangan masing-masing untuk merayakan hari Valentine mereka. Biasanya dalam momen tersebut pasangan kekasih saling bertukar kado. 

Namun dalam momentum Valentine tersebut, ternyata tidak semua pasangan merasakan kebahagiaan. Ada seorang pria malah merasakan kepedihan, dan hal ini pun disaksikan oleh banyak orang di depan umum. Dirinya berantem dengan sang kekasih dan berakhir mendapat tamparan puluhan kali di pipinya. 

Berikut ulasan mengenai pria yang ditampar kekasihnya yang Liputan6.com lansir dari worldofbuzz, Jumat (24/5/2019).

Tidak bisa membelikan handphone baru

Wanita ini menampar pacarnya sebanyak 52 kali di depan umum (Sumber: worldofbuzz)

Pada Senin (20/5/2019) di provinsi Sichuan, para pejalan kaki terkejut dan kaget karena melihat seorang wanita terlihat menampar pacarnya beberapa kali sementara pria ini hanya diam berdiri dan membiarkannya memukulnya, seperti dilansir melalui Worldofbuzz.

Ternyata emosi wanita ini dilatarbelakangi oleh pacarnya yang tidak jadi membelikan dirinya sebuah handphone baru.  Akhirnya wanita ini menampar pacaranya sampai 52 kali. Jumlah tamparan ini dikonfirmasi oleh polisi setelah mereka melakukan penyelidikan atas masalah tersebut.

Kejadian ini pun juga terekam dalam CCTV dan handphone dari para pejalan kaki yang merekam kejadian tersebut.

Meski sudah ditampar berkali-kali pria ini tetap membela pacarnya

Wanita ini menampar pacarnya sebanyak 52 kali di depan umum (Sumber: worldofbuzz)

Keadaan menjadi lebih menarik ketika polisi telah datang, pria ini mengatakan bahwa dirinya telah melakukan kesalahan dengan tidak membelikannya handphone. Dirinya juga mengklaim bahwa dengan menerima tamparan dari pasangannya adalah satu-satunya cara untuk menenangkan amarahnya.

Polisi kemudian mengetahui bahwa wanita itu adalah orang yang telah menghidupi sebagian besar pengeluaran pria tersebut.

Setelah menolak untuk membawa masalah mereka ke kantor polisi, pasangan itu tampaknya telah berjanji untuk menyelesaikan masalah mereka dengan cara yang lebih halus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Kerusuhan 22 Mei, Kawasan Tanah Abang Kembali Normal

Posted: 23 May 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ruas jalan di sekitar Pasar Tanah Abang dan Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat kembali dipadati kendaraan bermotor pada Jumat (24/5/2019). Padahal, sejak dua hari lalu, ruas jalan tersebut tidak bisa dilintasi karena terjadi kerusuhan aksi 22 Mei.

"Tadi jalan sekitar Tanah Abang sudah padat lagi ya, meski tidak semacet beberapa hari sebelum kejadian kemarin. Biasanya kalau tanggal segini, beberapa hari sebelum Lebaran, saya sudah tidak mau ke dekat pasar. Macet sekali soalnya," kata Irfandi, penarik ojek daring yang biasa mangkal di sekitar Stasiun Tanah Abang, Jumat (24/5/20190.

Meski kepadatan jalan sudah kembali terasa, beberapa pengguna jalan mengaku masih khawatir dengan adanya informasi kedatangan massa beberapa hari ke depan.

"Saya dengar mereka nanti mau datang lagi. Saya jadi sedikit khawatir, sih, karena di sini 'kan dekat yang biasanya orang demo," kata Nasrul, sopir bajaj yang berada di sekitar RS Budi Kemuliaan.

Namun, ketakutan akan demo susulan tidak menyurutkan usaha para pedagang yang berjualan di sekitar Jalan Budi Kemuliaan. Salah satunya Raditya, yang menjajakan minumannya di Jalan Budi Kemuliaan.

"Saya dikasih tahu katanya akan ada demo lagi. Tapi, saya tidak mau berhenti jualan. Kemarin saja saat rusuh, saya tetap jualan di sini. Saya sudah biasa lihat demo. Semoga saja tidak ada yang ricuh lagi," ujarnya.

Warga Diminta Tidak Khawatir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi RS Tarakan, Jakarta, Rabu (22/5/2019). (Liputan6.com/ Fachrur Rozie)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warga untuk tidak khawatir bepergian karena kondisi Ibu Kota relatif tenang dan aman setelah kericuhan 22 Mei.

"Jangan khawatir pergi ke mana saja, Jakarta aman. Hari ini semuanya sudah relatif tenang, karena itu saya menganjurkan kepada seluruh warga Jakarta berkegiatan seperti biasa," kata Anies usai pertemuan tertutup bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan tokoh-tokoh bangsa di Jakarta, Kamis 23 Mei 2019.

Sejumlah titik, yang beberapa waktu lalu terjadi kericuhan, kini sudah tenang. Anies juga meminta para pedagang di Tanah Abang untuk kembali beraktifitas supaya kegiatan perekonomian tidak terganggu.

"Ruas Jalan Thamrin dan beberapa jalan di sekitar Tanah Abang, Petamburan, Slipi sempat ada ketegangan, tapi sekarang, hari ini, semuanya sudah relatif tenang. Tanah Abang juga besok mulai kegiatan lagi," katanya.

Terkait rencana aksi damai untuk mengantarkan gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Prabowo-Sandiaga, Anies mengatakan tidak ada skenario khusus untuk pengawalan dan pengamanannya.

"Tidak ada yang khusus, karena prosesnya konstitusional, jadi biar dikawal secara konstitusional juga," ujar Anies Baswedan dikutip dari Antara.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki Siapkan 162 Mobil Towing untuk Mengawal Pemudik

Posted: 23 May 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyambut Hari Raya Idul Fitri, masyarakat Indonesia biasanya mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak keluarga. Salah satu alat transportasi yang dipilih ialah menggunakan mobil pribadi.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik saat berkendara, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar program 'Ketupat Mudik Ramadan 2019' dengan menyiapkan ratusan mobil towing.

Hal ini dilakukan untuk membantu pemilik kendaraan saat mengalami masalah di perjalanan. Program khusus pemilik kendaraan Suzuki ini berlangsung dari tanggal 1 Mei hingga 10 Juli 2019.

"Program ini merupakan komitmen kami kepada seluruh pelanggan setia Suzuki. Melalui program ini, kami telah menambah armada towing dan menyiapkan Posko dan Bengkel Siaga untuk menemani para pelanggan baik saat mudik maupun balik. Layanan-layanan tersebut bisa pelanggan manfaatkan agar perjalanan terasa lebih aman dan nyaman," ujar Riecky Patrayudha, Service Dept. Head 4W, 2W & Marine PT SIS.

Jumlah armada mobil towing yang disiapkan tahun ini sebanyak 162 unit. Tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Nusa Tenggara Barat, 141 unit diperuntukkan bagi kendaraan roda empat dan 21 unit lainnya disiapkan untuk kendaraan roda dua.

 

Posko Siaga Mudik

Selain armada towing, PT SIS juga menyiapkan posko siaga mudik yang beroperasi pada tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2019 dan bengkel siaga mudik mulai 30 Mei–6 Juni 2019. Khusus posko siaga mudik, terdapat di beberapa titik wilayah yang banyak dilalui pemudik, seperti Rest Area KM 102 Tol Cipali–Jawa Barat, Jl. Jend. Sudirman, Cikampek–Jawa Barat, Jl. Raya Denpasar–Gilimanuk dan Jembrana–Bali.

Posko tersebut dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tunggu, musala, ruang hiburan serta adanya makanan ringan dan takjil untuk berbuka puasa. Sedangkan dua posko di Jawa Barat tersedia fasilitas pemeriksaan kesehatan.

Pelanggan dapat melakukan pemeriksaan kesehatan berupa tekanan darah, gula darah dan obat-obatan bagi pelanggan yang membutuhkan.

Untuk bengkel siaga mudik terdiri dari 30 bengkel mobil dan 15 bengkel motor di 12 propinsi wilayah Sumatera, Jawa dan Bali. Program tahunan ini juga memberikan keuntungan lain, seperti layanan perbaikan dan pemeriksaan gratis 23 dengan datang langsung ke dealer sebelum atau sesudah mudik.

Keuntungan lain yang bisa dinikmati ialah halo Suzuki mudik assistance. Selain memberikan informasi seputar Suzuki dan perjalanan mudik, terdapat juga panduan teknis langsung dari technical advisor Suzuki, dan Suzuki emergency roadside assitance untuk mendapatkan bantuan mobil towing dan service car saat kondisi darurat.

Dengan serangkaian layanan dan fasilitas yang diberikan, Suzuki memperkirakan 4.620 pelanggan yang akan mudik siap mendapatkan layanan dan keuntungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Mencegah Kantuk di Kantor Selama Puasa

Posted: 23 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pola tidur tentunya berubah ketika memasuki bulan puasa. Sebelum memulai aktivitas yang padat di kantor, Anda terlebih dahulu harus sahur, mempersiapkan beragam hal di rumah, hingga akhirnya kembali ke tempat bekerja.

Kondisi ini tidak dapat dipungkiri membuat rasa kantuk sulit untuk ditahan meski pekerjaan sedang menumpuk. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara untuk mencegah kantuk saat di kantor.

Apa saja cara tersebut? Fimela.com telah merangkum lima trik jitu. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidur Lebih Awal

Jika memungkinkan, memenuhi tidur sesuai kebutuhan jadi salah satu trik jitu mencegah kantuk berlebih di kantor. Jangan minum kafein supaya Anda dapat cepat mengantuk dan tidur lebih awal.

2. 'Mencuri' Waktu Tidur

Usai sahur atau ketika tengah di perjalanan memakai kendaraan umum, manfaatkan waktu tersebut untuk tidur. Saat istirahat di kantor, Anda juga dapat memanfaatkan waktu untuk power nap.

3. Jangan Makan Terlalu Banyak

Ilustrasi makan (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Makan yang terlalu banyak dapat membuat Anda cepat mengantuk, lebih baik secukupnya. Jangan lupa untuk memastikan nutrisi Anda telah terpenuhi.

4. Tetap Bekerja

Jangan menunda pekerjaan karena akan membuat pekerjaan menumpuk dan Anda kian lelah. Sibukkan diri dan tetap produktif agar rasa kantuk dapat teralihkan.

5. Cuci Muka

Anda dapat cuci muka saat bersiap salat. Sembari wudu sekaligus menghilangkan kantuk. Cara ini dapat membantu mencegah kantuk berlebih datang. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Tali Cara Singkat Ketahui Kelebihan Berat Badan

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Biasanya kita mengecek berat badan dengan menggunakan kalkulator BMI. Tapi, ada cara yang lebih efektif ketimbang BMI. Anda hanya perlu waktu dua menit untuk melakukan tes ini, yakni dengan menggunakan tali.

Cara tersebut berdasarkan rekomendasi ahli kesehatan untuk melihat apakah Anda memiliki banyak lemak. Dan tes tali ini merupakan rekomendasi dari Dr Michael Mosley. Seperti apa caranya?

Menurut situs NHS, selama ini BMI tidak dapat memperhitungkan massa otot atau berat tulang. Alhasil,, kalkulator bisa saja keliru mendiagnosis seseorang mengalami obesitas.

"BMI Anda dapat memberi tahu Anda jika Anda terlalu berat, tetapi tidak dapat memastikan apakah Anda memiliki terlalu banyak lemak," tulis NHS seperti dikutip Dailystar.

Menurutnya BMI tidak bisa membedakan antara kelebihan lemak, otot, atau tulang. BMI dewasa juga tidak memperhitungkan usia, jenis kelamin, atau massa otot. Dengan kata lain, orang dewasa dan atlet yang sangat berotot dapat diklasifikasikan kelebihan berat badan atau "obesitas" meskipun lemak tubuh mereka rendah

Selain itu, orang dewasa yang kehilangan otot seiring bertambahnya usia bisa termasuk yang "berat badan sehat" meskipun mereka mungkin memiliki kelebihan lemak. 

 

Cara mempraktikkan tes tali

Untuk itu Dr Michael Mosley menjelaskan tes tali dengan melilitkannya di pinggang bisa mengetahui jika Anda kelebihan berat badan.

Mosley mengatakan, sebelum dibungkus ke tubuh, ukur tinggi badan Anda dengan seutas tali. Setelah itu potong tali setinggi Anda. Selanjutnya lipat tali menjadi dua, baru setelah itu dililitkan di perut pas sejajar bagian pusar.

Apabila untai tali itu tidak bertemu di tengah, itu bisa menandakan Anda perlu mengurangi beberapa kilogram.

"Idealnya pinggang Anda harus kurang dari setengah tinggi badan Anda. Jadi, jika Anda tingginya 6 kaki (72in), pinggang Anda harus kurang dari 36 inci," kata Mosley.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Zodiak Ini Paling Takut dengan Perubahan di Hidup Mereka

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan itu sulit karena butuh waktu yang tak sedikit untuk terbiasa. Belum lagi tak ada kepastian kita bisa menerima dengan baik perubahan tersebut. Alih-alih, depresi malah menghantui.

Karena perubahan adalah bagian penting dari kehidupan, Anda harus belajar bagaimana mengelola rasa takut terhadap perubahan tersebut. Bagi beberapa zodiak, menerima perubahan lebih sulit.

Berikut zodiak-zodiak tersebut seperti dilansir dari Yourtango.

1. Taurus

Terkadang, tak bisa dijelaskan mengapa Taurus membenci perubahan. Mereka kerasa kepala dan perubahan bukanlah bagian dari rencana mereka.

Mereka bertanggung jawab dan mampu mengelola setiap detail kehidupan mereka. Tapi saat masalah terjadi, mereka bisa dengan mudah panik dan stres.

Cara untuk menghadapi kepanikan mereka adalah meminta Taurus untuk berhenti sejenak, tenang, dan menghirup napas panjang. Taurus perlu diperkenalkan atas perubahan secara perlahan jika tidak kestabilannya akan terganggu.

2. Leo

Tak berarti Leo tak tahan dengan perubahan, namun yang pasti perubahan mendadak dapat berpengaruh terhadap mereka. Leo tak tahu bagaimana menangani diri mereka sendiri jika masalah tetap tak terpecahkan.

Saat memimpin dalam banyak situasi, ketidakfleksibelan mereka dapat menjadi kejatuhan mereka. Mereka akan menggunakan humor dan metode pelarian lainnya untuk mencoba meringankan situasi, tapi jauh di lubuk hati mereka mencoba merasionalisasi perubahan itu.

 

3. Libra

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Perubahan sangat mengganggu bagi Libra karena mereka tak tahan terhadap konfrontasi atau ketidakadilan. Jika situasi berubah menjadi buruk, mereka akan memilih untuk berkubang dalam mengasihani diri sendiri alih-alih mencoba mengubah situasi menjadi lebih baik.

Menariknya, mereka cenderung merespons dengan baik orang lain yang bertanggung jawab terhadap perubahan tersebut. Jika mereka tidak tahu bagaimana perubahan tersebut mempengaruhi mereka dan orang-orang yang mereka sayangi, mereka akan menganggap perubahan itu sebagai ancaman.

4. Aquarius

Jika perubahan terjadi dan bertentangan dengan pandangan mereka, maka Aquarius akan semakin kuat dengan kepercayaan mereka. Mereka independen, hanya ingin perubahan bila itu menguntungkan mereka.

Saat memberi tahu Aquarius tentang perubahan, pastikan untuk menyebut aspek positif dari perubahan terlebih dahulu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyaluran KUR Ikut Dorong Kinerja Asuransi Kredit di Kuartal I

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asuransi umum, khususnya lini usaha asuransi kredit menunjukkan kinerja positif pada kuartal I tahun 2019. Premi bruto asuransi kredit tercatat Rp 3,19 triliun pada kuartal I/2019, tumbuh 118,2 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1,46 triliun.

Sementara untuk klaim bruto, tercatat hingga kuartal I/2019, klaim bruto asuransi kredit mencapai Rp 1,57 trilliun. Ini tumbuh 83,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 857,82 miliar.

Ketua Bidang Statistik, Riset, Analisa TI & Aktuaria AAUI, Trinita Situmeang mengatakan salah satu pendorong kinerja positif asuransi kredit adalah penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Pertumbuhan ini bisa saja ditunjang oleh komitmen pemerintah untuk penyaluran kredit usaha rakyat (KUR)," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Penyaluran KUR di kuartal I/2019 mencapai Rp 37,75 triliun. Angka ini sudah 27 persen dari target penyaluran KUR hingga akhir tahun yakni Rp 140 triliun. Selain itu juga tumbuh 16,9 persen dari penyaluran kuartal I/2018 yang sebesar Rp 32,30 miliar.

Kinerja positif asuransi kredit, lanjut dia juga disokong oleh penyaluran kredit perbankan pada kuartal I 2019 yang mengalami pertumbuhan sebesar 11,6 persen.

"Peningkatan penyaluran kredit cenderung menyebabkan peningkatan premi asuransi kredit," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Strategi AAUI Cegah Kecurangan Klaim Asuransi

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Dody Dalimunthe mengatakan, pihaknya tengah menggencarkan AAUI checking atau daftar hitam asuransi. Ini berguna untuk memeriksa orang-orang yang berpotensi melakukan kecurangan dalam dalam bisnis asuransi ini. Dengan demikian fraud di industri asuransi dapat ditekan.

"Kalau di BI kan dulu ada sistem informasi debitur (SID) kita juga ada catatan, jika ada data tercantum namanya (orang bermasalah) maka akan ada peringatan kalau dia punya catatan negatif. Hal ini untuk meminimalisir risiko tersebut," kata dia, di Kantornya, Jakarta, Kamis (24/5).

Pihaknya mencatat saat ini penetrasi asuransi di Indonesia tahun ini tumbuh lambat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini terjadi peningkatan 3,04 persen tumbuh tipis dibandingkan tahun lalu yang hanya 2,9 persen

Lambatnya penetrasi asuransi tersebut, lanjut Dody, juga diiringi dengan banyaknya kasus fraud atau kecurangan dalam industri asuransi nasional.

Dia menjelaskan fraud terjadi karena pemegang polis yang memiliki itikad buruk dalam memanfaatkan jasa perusahaan asuransi. Fraud jamak terjadi di asuransi perjalanan dan asuransi kendaraan.

"Misalnya dia belanja di luar negeri, pura pura kehilangan dan dia klaim ke asuransi. Dia bisa buat laporan palsu juga untuk klaim palsu. Bilang tasnya merek asli, padahal tidak. Mau dicek barangnya hilang," ungkap Dody.

Sementara kecurangan di asuransi kendaraan, jelas dia, biasanya si pemilik kendaraan yang curang menggunakan modus menciptakan kecelakaan secara sengaja.

"Jadi mereka punya mobil khusus untuk menabrak mobil yang diasuransikan. Mereka ajukan klaim, untuk harga spare part yang mahal, tapi sebelumnya mereka ganti dulu dengan yang bekas. Ketika asuransi memeriksa maka klaim bisa keluar dan seluruh biaya diganti," tandas dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

Premi Bruto Asuransi Umum Capai Rp 19,8 Triliun di Kuartal I

Ilustrasi Asuransi (iStockphoto)

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat pendapatan premi bruto asuransi umum hingga kuartal pertama 2019 mencapai Rp 19,8 triliun. Capaian ini tumbuh 19 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Wakil Ketua merangkap Ketua Bidang Statistik, Riset, Analisa dan Aktuaria AAUI, Trinita Situmeang mengatakan, hal ini menunjukkan bahwa industri asuransi umum masih dapat terus mencatatkan kondisi yang positif.

"Pendapatan premi asuransi umum hingga kuartal pertama 2019 sebesar Rp19,8 triliun tumbuh sebesar 19,0 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya sebesar Rp16,6 triliun," kata dia, dalam konferensi pers, di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Menurut dia, pangsa terbesar premi asuransi umum selalu didominasi lini bisnis kendaraan bermotor dan harta benda dengan porsi sebesar 47,6 persen. Angka tersebut turun tipis 3,5 persen. Penurunan dipengaruhi oleh turunnya pangsa asuransi kendaraan bermotor.

Sedangkan porsi ketiga penyumbang premi asuransi terbesar diduduki oleh lini bisnis Asuransi Kredit. Lini bisnis ini menduduki proporsi sebesar 16,2 persen.

Sedangkan untuk total klaim asuransi umum hingga kuartal I-2019 tercatat telah mencapai sebesar Rp 8,4 triliun. Angka ini naik 37,9 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama yakni tercatat sebesar Rp 6,1 triliun. Peningkatan klaim terjadi pada sebagian besar lini usaha asuransi.

"Peningkatan klaim terjadi hampir pada sebagian lini usaha asuransi, namun demikian tercatat beberapa usaha mencatatkan penurunan klaim, yaitu asuransi aviasi, asuransi energi, dan asuransi tanggung gugat," tandasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 PSM Makassar vs Badak Lampung di Indosiar

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 kembali akan bergulir malam nanti. Dua pertandingan serentak digelar di dua stadion berbeda.

PSM Makassar akan menjamu Perseru Badak Lampung FC pada laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Jumat (23/5/2019). Tiga poin jadi harga mati buat menjaga tren positif yang sudah terukir pada awal musim lalu.

Pada pertandingan lainnya Barito Putera akan berhadapan denganvs Madura United. Laga ini berlangsung di Stadion 17 Mei.

Seperti diketahui, PSM Makassar membuka Shopee Liga 1 2019 dengan kemenangan. Di laga pertama, Tim Juku Eja mengalahkan Semen Padang lewat gol semata wayang Zulham Zamrun di Stadion Mattoangin.

Kemenangan tentu kembali jadi target PSM. Apalagi, di atas kertas, peluang mereka cukup besar.

Namun, PSM tetap harus waspada. Pasalnya, Badak Lampung dipastikan berambisi bangkit usai di laga pertama ditekuk TIRA Persikabo 0-3.

Berikut jadwal PSM vs Badak Lampung di Shopee Liga 1 yang akan disiarkan di Indosiar.

Jadwal PSM vs Badak Lampung

Jumat, 24 Mei 2019

20.30 WIB, PSM vs Badak Lampung

Stadion Mattoangin

Live Indosiar

Pertandingan Lainnya

Jumat, 24 Mei 2019

20.30 WIB, Barito Putera vs Madura United

Stadion 17 Mei

Live Vidio.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Akan Membaca Alquran

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan doa Ramadan kali ini berisi tentang doa yang dibaca sebelum kita membaca Alquran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhatan Kocak Warganet Soal THR yang Tak Kunjung Muncul

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa, libur lebaran 2019 akan tiba dalam waktu beberapa lagi. Sudah jadi tradisi kalau pekerja Indonesia mendapatkan tunjangan hari raya alias THR menjelang lebaran. Bahkan, pemerintah sudah mewajibkan perusahaan untuk memberi karyawannya THR.

Meski begitu, tidak semua pekerja serentak mendapatkan THR di waktu yang sama. Ada yang sudah lebih dulu dapat, ada juga yang masih menunggu.

Lagi-lagi, warganet yang gemas karena tunjangan mereka belum turun, curhat di media sosial Twitter.

Beragam komentar lucu pun dilontarkan. Lebih jelasnya, simak kumpulan komentar warganet dengan tagar #THRBelumTerlihat berikut:

 Ada yang menyarankan untuk tidak mendekat ke ATM.

THR Kena Macet di Jalan

Ilustrasi Twitter  (iStockPhoto)

Ada juga yang bilang kalau THR kena macet di jalan.

Lucu, kalau yang ini memang sadar diri karena tidak bekerja.

Sementara warganet ini menyatakan kalau THR adalah singkatan Tambatan Hati Ra Teko-Teko alias pujaan hati belum datang-datang. Ada-ada saja, ya?

(Tik/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penantian Panjang Keluarga Bocah Tenggelam di Pantai Selatan

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut Setelah penantian hampir sepekan sejak dinyatakan hilang akhir pekan lalu, Isan (10) bocah hanyut keganasan pantai Cijeruk, Kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat, akhirnya ditemukan. Petugas gabungan Basarnas, Bandung menemukan jenazah, di Pantai Jayanti daerah proyek Megatop Kecamanan Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Seperti diketahui Isan, warga Kampung Sorong, Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Garut, dilaporkan tenggelam dan hanyut saat berenang Sabtu (18/5/2019) lalu, awalnya korban berenang bertiga bersama Zeri Surya Dawla, rekannya. Zeri lebih dulu ditemukan meninggal dunia Minggu lalu, sementara satu lainnya berhasil selamat.

Juru bicara Kantor Badan Search and Rescue (SAR) Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, korban ditemukan sekitar 75 kilometer dari lokasi kejadian pertama yang berlangsung di pantai selatan Garut.

"Korban telah dibawa ke rumah duka di Kampung Sorong, Garut," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, pencarian jenazah Isan lumayan menguras tenaga hingga beberapa hari, sejak pertama kali mendapatkan informasi lembaganya langsung menerjunkan bantuan tim ke lokasi kejadian bocah hanyut, namun hasilnya masih nihil.

Hingga akhirnya mulai hari ketiga pencarian, tim dibagi menjadi dua SRU (Search and Rescue Unit) yaitu SRU 1 dengan melakukan penyisiran darat dari LKP sampai ke Peledakan sejauh 2 KM, sedangkan SRU 2 melakukan penyisiran darat dari Peledakan sampai ke Pantai Karang Paranje sejauh 4 KM. "Hasilnya masih nihil," kata dia.

Kemudian hari kelima pencarian, tim yang diterjunkan ujar dia difokuskan melakukan penyisiran darat, mulai Pantai Santolo ke Pantai Karangpapak yang dilakukan SRI 1, serta SRU 2 yang berfokus melakukan pencarian dari Pantai Punaga ke Pantai Sayang Heulang. 

Akhirnya pada hari keenam pencarian, tim mendapatkan informasi jika jenazah Isan berhasil ditemukan di wilayah pantai Jayanti, atau terbawa ombak hingga 75 kilometer dari lokasi kejadian.

"Selain Basarnas Bandung, pihak yang terlibat dalam operasi kali ini yaitu Satpolair Santolo, Tagana Garut, Koramil Cijeruk dan  nelayan," ujarnya.

Berdasarkan informasi masyarakat sekitar, di lokasi bocah hanyut, sering terjadi musibah serupa, namun anehnya banyak masyarakat termasuk pengunjung yang tetap memaksakan untuk menikmati debutan ombak di wilayah itu.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Kevin Julio Menjawab Pertanyaan Kapan Kawin

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah punya pacar, Kevin Julio tampaknya tak mau buru-buru menikah. Diakui Kevin Julio, ibunya ingin segera menimang cucu namun tak pernah memaksanya untuk segera menikah.

Kevin Julio percaya, pernikahan indah akan terjadi pada waktu yang ditentukan Tuhan. Kevin Julio pun mengaku sudah kebal ditanya kapan nikah oleh keluarga maupun sejumlah kerabat. Lebaran nanti, pertanyaan kapan nikah kemungkinan besar akan terdengar lagi. 

Kevin Julio tak mau mengeluh atau menunjukkan sikap kesal saat pertanyaan itu terlontar. Ia percaya bukan satu-satunya orang yang ditanyai kapan nikah saat Lebaran nanti.

"Pertanyaan semacam itu tak terhindarkan, sih. Tapi Jangan pura-pura tuli. Jangan juga diabaikan karena mengabaikan pertanyaan orang yang lebih tua akan dianggap tidak santun," ungkap Kevin Julio kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, belum lama ini.

 

 

Bentuk Perhatian

(Agus Apriyanto/KapanLagi)

Merasa risih ditanya kapan kawin, menurut Kevin Julio, hal yang wajar. Kevin Julio meminta para jomblo sabar jika pertanyaan itu terdengar lagi Lebaran tahun ini.

Anggap saja, Kevin Julio menyambung, itu bentuk perhatian dari orang-orang di sekitar. Kevin Julio lantas membagikan tips alternatif jawaban untuk merespons pertanyaan kapan kawin atau kapan nikah Lebaran nanti.

 

Alihkan Perhatian

Kevin Julio (Nurwahyunan/Fimela.com)

"Pertama, bilang saja masih banyak yang harus dikerjakan. Gunakan alasan membangun atau memapankan karier untuk menjawab pertanyaan ini," beber bintang sinetron Ganteng-ganteng Serigala. 

Kevin Julio melanjutkan, "Kedua, alihkan perhatian si penanya ke makanan. Misalnya katakan, 'Sebelum dijawab, makan ketupat bareng dulu kali, ya?' Tapi pastikan dulu memang ada makanannya. Ha ha ha. Ketiga, bilang bahwa saat ini prioritas Anda mengurus atau merawat orang tua dulu." (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmatnya Menyantap Pempek Pelangi Palembang Saat Berbuka Puasa

Posted: 23 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Menu takjil bulan Ramadan di Sumatera Selatan (Sumsel) tidak bisa tidak pasti mencakup pempek Palembang. Apalagi pempek yang disajikan dengan warna-warni seperti pelangi yang menggugah selera.

Salah satunya dikreasikan Dapur Kue Bunda Rayya, yang berlokasi di Pasar Gubah dan Pasar Cinde Palembang. Usaha ini mengkreasikan pempek pistel dengan campuran warna dari buah naga, sayur sawi dan wortel.

Pempek Pistel ini berisi serutan buah papaya muda yang dicampur bumbu rahasia. Uniknya, rasa pempek pistel ini dicampur dengan cabai rawit, sehingga sensasi pedasnya sangat terasa. Dengan demikian, para pelanggan tidak perlu menggunakan cuko Palembang lagi.

Yus Iriawan (44), pemilik Dapur Bunda Rayya mengatakan, pempek pistel ini sangat jarang dikreasikan, padahal peminatnya sangat banyak.

"Belum ada pengusaha pempek yang mengkreasikan pempek pistel dengan warna seperti ini, biasanya hanya pempek ikan saja. Pempek ini tidak menggunakan bahan ikan, tapi rasanya tak kalah gurih dan lezat," ujarnya kepada Liputan6.com, Selasa (21/5/2019).

Pempek pistel pedas level 10 dibuat dengan warna hijau sayur sawi, khusus diperuntukkan bagi konsumen yang tidak bisa mengkonsumsi cuko Palembang

Usaha kue yang dirintis sejak dua tahun lalu ini berawal dari ketidaksukaan anak-anaknya mengkonsumsi sayuran. Yus lantas berinisiatif mengkreasikan pempek dengan olahan sayuran, agar gizinya semakin lengkap.

"Yang kita gunakan buah dan sayuran segar. Nanti kami akan mengkreasikan pempek pistel ini menggunakan warna buah bengkuang dan alpukat. Ini belum pernah dibuat di mana pun," ungkapnya.

Pempek pistel warna-warni asal Palembang ini baru diperkenalkannya dan direspons baik dari pelanggannya. Apalagi dia mempromosikan di media sosial, sehingga semakin banyak peminatnya, baik dari dalam maupun luar kota.

 

Harga Terjangkau

Proses pembuatan pempek Palembang berwarna pelangi (Liputan6.com / Nefri Inge)

Para pembeli hanya perlu merogoh Rp 3.000 untuk satu pempek. Setelah itu, pelanggan bisa memilih warna pempek yang sesuai keinginan. Untuk satu porsinya berisi lima pempek dihargai Rp 15.000

Agung (23), salah satu pelanggan Dapur Bunda Rayya, mengatakan tampilan warna-warni pempek pistel ini sangat menarik. Apalagi ada varian pedas dengan rasa yang sangat lezat.

"Makan pempek ini tidak perlu pakai cuko Palembang, rasanya lumayan pedas. Walau dari buah dan sayur, tapi tidak ada rasa buah dan sayur sama sekali. Harganya juga murah, bersahabat di kantong," katanya.

Sama halnya diungkapkan Nia Adesta (23), yang tertarik dengan pempek pistel Dapur Bunda Rayya saat melihat di media sosial. Bentuk pempek yang menarik, membuatnya penasaran ingin mencobanya.

"Baru kali ini makan pempek pistel yang tidak biasa, tidak ada di Palembang rasa pedas. Bergizi dan sehat," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MK Sudah Terima 226 Pengajuan Perkara Sengketa Pileg 2019

Posted: 23 May 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) hingga Jumat (24/5/2019) pukul 09.40 WIB telah menerima 226 pengajuan perkara sengketa hasil Pemilu 2019, sebagaimana dilansir dari laman resmi MK.

Dari 226 perkara yang sudah diterima, sembilan perkara merupakan perkara perselisihan hasil Pemilu Anggota DPD RI, sementara sisanya adalah perkara perselisihan hasil pemilu untuk DPR RI/DPRD.

Tercatat dua perkara sengketa pileg didaftarkan melewati tenggat waktu yang ditetapkan pada hari Jumat (24/5/2019) pukul 01.46 WIB.

Kedua perkara itu adalah perkara sengketa perselisihan hasil pileg di DPR/DPRD RI yang diajukan dari Daerah Pemilihan Maluku Utara yang didadtarkan pada pukul 01.50 WIB, serta Dapil DKI Jakarta yang didaftarkan pada pun 09.06 WIB.

Hingga saat ini, terdapat sejumlah pemohon perkara yang baru mendaftar, bahkan ada yang baru melakukan konsultasi terkait dengan syarat-syarat pengajuan permohonan.

Sebelumnya, juru bicara MK Fajar Laksono menyampaikan bahwa tenggat waktu pendaftaran sangat penting untuk diperhatikan karena hal ini akan menjadi pertimbangan hakim konstitusi untuk melanjutkan pemeriksaan perkara tersebut atau tidak.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bhayangkara FC Puas Lihat Kinerja 2 Pemain Asing Barunya

Posted: 23 May 2019 08:55 PM PDT

Jakarta - Manajer Bhayangkara FC, Sumardji, menilai performa dua pemain asing baru, Flavio Beck Junior dan Ramiro Fergonzi, sudah bagus. Namun, sang manajer berharap kedua pemain tersebut bisa tampil lebih maksimal dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Bhayangkara FC meraih satu poin berkat hasil imbang 1-1 dengan Borneo FC di laga pekan pertama, di mana Ramiro Fergonzi mencetak gol penyelamat bagi The Guardians. Flavio Beck Junior dan Ramiro Fergonzi memang tampil apik dalam laga tersebut, juga ketika tampil di laga pekan kedua, di mana Bhayangkara FC kalah 0-1 dari Bali United.

Namun, sayangnya Fergonzi tak berhasil mencetak gol dalam laga kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Hal itu mendapatkan sorotan dari manajer tim, Sumardji.

"Saya melihat keduanya sudah bagus. Namun, memang harus dipoles lagi agar lebih maksimal," ujar manajer Bhayangkara FC, Sumardji, seperti dilansir situs resmi Liga 1.

"Untuk Fergonzi saya menilainya bagus, tapi harus ada dukungan lebih dari lini tengah. Memang perlu strategi baru dari pelatih agar bisa mendapatkan hasil maksimal ketika menghadapi Barito Putera di kandang," lanjutnya.

Ramiro pun diharapkan kembali mencetak gol saat Bhayangkara FC menjalani laga kandang pertama mereka di Liga 1 2019 dengan menjamu Barito Putera di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (27/5/2019) malam.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Karakter di Game of Thrones yang Mirip dengan Film Shrek

Posted: 23 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para penggemar serial televisi tentu saja sudah tak asing dengan Game of Thrones. Serial televisi asal Amerika Serikat ini memang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Bahkan di Indonesia sendiri juga banyak penggemar yang mengikuti serial Game of Thrones ini.

Maka tak heran jika setiap penayangan Game of Thrones selalu masuk dalam deretan trending di media sosial. Namun, para penggemar harus rela jika serial favoritnya telah tamat. Game of Thrones musim ke-8 episode terakhir telah ditayangkan pada Senin, 20 Mei 2019 lalu.

Dengan beragam pendapat dan opini para netizen terkait episode terakhir Game of Thrones ini, ternyata beberapa karakter dari serial televisi ini mirip dengan karakter di salah satu film kartun yaitu Shrek.

Dilansir dari Boredpanda oleh Liputan6.com, Jumat (24/5/2019) berikut 6 karakter Game of Thrones yang ternyata mirip dengan film Shrek.

1. Kostum Jaime Lannister mirip banget kan dengan karakter di film Shrek

Game of Thrones Season 8 dan Shrek (Sumber: Boredpanda)

2. Ada yang menyadari kemiripannya?

Game of Thrones Season 8 dan Shrek (Sumber: Boredpanda)

3. Podrick mirip dengan Shrek versi manusia ya

Game of Thrones Season 8 dan Shrek (Sumber: Boredpanda)

4. Setuju enggak kalau Arya Stark mirip dengan Puss?

Game of Thrones Season 8 dan Shrek (Sumber: Boredpanda)

5. Ternyata Olenna Tyrell mirip dengan si Ibu Peri

Game of Thrones Season 8 dan Shrek (Sumber: Boredpanda)

6. Tyrion Lannister adalah versi life-action dari Lord Farquaad

Game of Thrones Season 8 dan Shrek (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Buka Posko Mudik di Sepanjang Jawa

Posted: 23 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta ‎PT PLN (Persero) mendirikan sejumlah posko mudik yang tersebar di jalur mudik Pulau Jawa. Langkah ini sebagai upaya partisipasi dalam kegiatan mudik Lebaran 2019.

Dikutip dari data resmi PLN, Jumat (24/5/2019), lokasi posko mudik, antara lain Banten sebanyak enam titik, Jawa Barat sebanyak 18 titik, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta 12 titik dan Jawa Timur sebanyak 10 titik.

‎Adapun konsumsi listrik Jawa Bali diprediksi akan turun hingga mencapai 60 persen, saat momen Idul Fitri tahun ini.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin, mengatakan, pada saat Lebaran  beban puncak listrik sebesar 17.179 Mega Watt (MW). Sementara daya mampu pasok sebesar 27.817 MW.

Perkiraan konsumsi tersebut mengalami penurunan 56 sampai 60 persen. "Jumlah ini cukup untuk melayani beban puncak Lebaran yang diperkirakan mencapai cadangan operasi 10.637 MW dan Reserve Margin 62 persen," jelas Amir.

Penurunan konsumsi listrik terjadi secara bertahap mulai terjadi pada 31 Mei 2019 sampai 9 Juni 2019.

Adapun penurunan terendah terjadi saat puncak perayaan Lebaran yang diperkiraan jatuh pada 5 Juni 2019. "Ini cukup panjang, hampir dua minggu ya," tandasnya.

Hampir 40 Persen Pemudik Bakal Lewat Tol Trans Jawa Saat Mudik

Tol Trans Jawa Pasuruan - Probolinggo. Dok: Kementerian PUPR

PT Jasa Marga Tbk (JSMR) prediksi masyarakat akan banyak tertarik lewat Tol Trans Jawa saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Oleh karena itu, PT Jasa Marga Tbk bersiap untuk mengantisipasi kepadatan yang akan terjadi di Tol Trans Jawa.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk, Desi Arryani mengingatkan, kondisi berbeda berpotensi terjadi pada arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Ini melihat dari survei Balitbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang prediksi peningkatan penggunaan kendaraan pribadi sebanyak 17 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Dan hampir 40 persen memilih menggunakan Tol Trans Jawa sehingga upaya yang sudah kita lakukan saat ini adalah mengantisipasi kepadatan tersebut di gerbang-gerbang tol utama seperti Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, GT Kalikangkung, GT Banyumanik, dan GT Kejapanan Utama. Kita harus memastikan kapasitas transaksinya mampu melayani arus lalu lintas Lebaran," ungkap Desi dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).

Desi juga menekankan, pentingnya aspek keselamatan. Oleh sebab itu, Jasa Marga senantiasa berkordinasi dengan memasang rambu-rambu tambahan.

"Bukan rambu-rambu standar, tapi rambu-rambu tambahan (berdasarkan) atas evaluasi selama Tol Trans Jawa beroperasi yang antara lain berupa rubber strip, warning light, dan CCTV," ujar dia.

Jasa Marga membagi koordinator operasional berdasarkan empat wilayah area yaitu Area 1 Ruas Jakarta-Cikampek-Padaleunyi, Area 2: Ruas Jabodetabekjabar, Area 3: Trans Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur) serta Area 4: Nusantara yang mencakup ruas jalan tol Jasa Marga di pulau Jawa seperti Belmera, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Bali Mandara, Balikpapan-Samarinda dan Manado-Bitung.

 

 

Siapkan Tim Satgas

Perseroan pun siapkan Tim Satuan Tugas (Satgas) PT Jasa Marga (Persero) Tbk Siaga Operasional Lebaran Tahun 2019 yang mengawal kesuksesan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Tim ini mengemban tugas untuk memberikan berbagai layanan optimal, khususnya kepada pengguna jalan tol.

Desi telah mengukuhkan Tim Satgas Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran Tahun 2019 dalam sebuah upacara peresmian (kick off) yang digelar di Kantor Pusat, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.

Dalam kesempatan tersebut, Desi yang juga menjadi pembina dalam upacara peresmian tersebut mengungkapkan, sejak beberapa tahun terakhir Tim Satgas Jasa Marga telah berhasil membantu kelancaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan, dan meningkatkan sinergitas antar sektoral. 

Adapun tim JM Siaga Operasional Lebaran 2019 antara lain berkoordinasi dalam menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam rangka mendukung keberhasilan implementasi Program Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran 2019.

Tugas dan tanggung jawab lainnya ialah memastikan kesiapan operasional di masing ruas-ruas tol yang mencakup bidang pelayanan transaksi, lalu lintas, konstruksi, rest area, human capital, pengelolaan risiko, kehumasan, legal, dan umum. 

Tak hanya itu, berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Polri, Pertamina, dan PLN juga termasuk menjadi tugas dan tanggung jawab Tim JM Siaga Lebaran Tahun 2019.

Masa penugasan Tim Satgas Program Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran Tahun 2019 berlaku sampai dengan berakhirnya periode arus mudik dan balik Lebaran 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Buka Usaha WC Umum Saat Aksi 22 Mei, Untung Rp 3 Juta Sehari

Posted: 23 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi 22 Mei yang dilakukan di depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meninggalkan sejumlah cerita. Ada momen yang membuat haru, duka hingga meninggalkan sebuah kerusakan fasilitas. 

Beberapa waktu sebelumnya, sempat viral penjual kopi keliling, tukang bakso yang santai berjualan di tengah ricuhnya demo aksi 22 Mei. Ada juga sosok petugas kebersihan yang menyapu dan mengumpulkan sampah yang berserakan di jalanan. Ia pun terlihat seolah tak peduli dengan situasi yang sedang terjadi.

Rupanya, kisah menarik dari masyarakat tidak berhenti di situ saja. Dilansir dari akun Facebook Jujun Kapal Api Filter, ia mendapatkan penghasilan dari membuka WC umum di tempat demo aksi 22 Mei. Tak tanggung-tanggung, penghasilan yang ia peroleh sebesar Rp 3 juta. Untuk tahu berita selengkapnya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/5/2019)

Mendapat Penghasilan Rp 3 juta dalam Sehari

Jujun (Sumber; Twitter/bbygemzin)

Ungkapan rezeki seseorang memang sudah diatur oleh Tuhan nampaknya sesuai dengan pemilik akun Facebook Jujun Kapal Api Filter.  Pemikiran memanfaatkan momen demo dengan membuka usaha WC umum tentunya jarang terfikirkan di benak seseorang. Biasanya kebutuhan yang dicari ialah makan serat minuman layaknya penjual kopi dan bakso tersebut.

Tapi tidak dengan akun Facebook Jujun Kapal Api Filter. Ia memanfaatkan momen demo tersebut dengan membuka usaha WC umum. Dalam unggahannya, ia mendapat penghasilan sebnayak 3 juta rupiah dalam sehari saja. Wah, lumayan banget kan?

"Trimakasih buat Relawan 02 yg ikut demo. Ga sia sia buka wc umum. sehari 3jt," ungkap Jujun dalam akun Facebooknya.

Dalam unggahannya ia juga memperlihatkan uang pecahan dari yang koin, lembar 2.000, 5.0000 hingaa 100.000 yang nampaknya sedang dihitung bersama oleh keluarga.

Komentar Netizen

Kisah Jujun ini tentunya mendapat perhatian dari warga net. Tak hanya ramai di Facebook saja, akun twitter @bbygemzin juga membagikan cerita ini dan viral. Cuitannya yang diunggah pada 21 Mei ini hingga saat ini mendapatkan 13 ribu lebih retweet dan 8 ribu lebih like.

"GILA WOY 3JT SEHARI," ujar akun @arshw11.

"S4 Business & Entrepreneurship" ujar  @ekafyi

"Mayan buat beli baju lebaran wkwkwk" ujar @lahkokngegass

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sultan Brunei Kembalikan Gelar Kehormatan dari Kampus Oxford

Posted: 23 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Bandar Seri Begawan -- Sultan Brunei mengembalikan gelar kehormatan dari Universitas Oxford. Langkah tersebut diambil setelah kampus itu mengangkat isu kekhawatiran tentang undang-undang anti-LGBT baru yang keras di negaranya.

Aturan yang diperkenalkan pada bulan April itu, menghukum siapa pun yang melakukan hubungan seks homoseksual dan perzinahan dengan rajam sampai mati. Namun Brunei akhirnya menunda penerapan tesebut karenaa memicu protes global, boikot dan kecaman dari sejumlah selebritas.

Pihak universitas mengatakan mereka tengah mengkaji undang-undang tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, seperti diberitakan BBC, Jumat (24/5/2019), seorang juru bicara mengatakan diberitahu bahwa Sultan Hassanal Bolkiah mengembalikan gelarnya setelah surat itu dikirimkan kepadanya bulan lalu.

Sejumlah media menyebut bahwa Sultan Bolkiah memutuskan memulangkan gelar kehormatan Universitas Oxford titel di bidang hukum pada 6 Mei, selagi kampus itu meninjau-ulang keputusan memberinya gelar tersebut.

Lebih dari 118.500 orang telah menandatangani petisi yang menyerukan universitas untuk membatalkan gelar hukum kehormatan, yang diberikan kepada Sultan Brunei pada tahun 1993.

Kecaman Parlemen Oxford

Sultan Hassanal Bolkiah menyampaikan pidato dalam sebuah acara di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu (3/4). Mulai hari ini, Kerajaan Brunei Darussalam resmi memberlakukan hukum rajam hingga tewas terhadap pelaku gay (sesama laki-laki). (AFP)

Anggota parlemen Oxford, Layla Moran, menulis kepada pihak universitas untuk mendesak agar melepaskan gelar tersebut, dan mengatakan pengembalian titel kehormatan itu "jelas tidak cukup".

"Universitas Oxford sekarang memiliki kesempatan untuk menebus dirinya sendiri dan bergerak melewati keterikatan dengan pelanggaran HAM berat. Saya pikir yang terbaik adalah pihak kampus harus melakukan tinjauan menyeluruh terhadap sistem gelar kehormatan mereka, untuk memastikan skandal seperti ini tidak terjadi lagi," papar Layla Moran.

Sebelumnya pihak universitas mengatakan: "Sama seperti tidak ada yang memiliki hak untuk memberikan gelar kehormatan, tidak ada yang punya hak ringkas untuk membatalkannya."

Sultan Brunei telah memutuskan untuk mengadopsi aturan yang keras terhadap hukum Islam atau dikenal sebagai hukum Syariah. Dalam pidatonya, ia mengatakan meskipun akan ada moratorium hukuman mati, kelayakan undang-undang baru itu pada akhirnya akan menjadi jelas.

Homoseksualitas adalah ilegal di Brunei dan dapat dihukum hingga 10 tahun penjara.

Dikecam PBB

Sultan Hassanal Bolkiah pergi usai menyampaikan pidato dalam sebuah acara di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, Rabu (3/4). Dalam hukum syariah baru, seseorang akan dihukum rajam sampai mati bila berhubungan seks gay, baik mengaku atau ketahuan oleh empat saksi. (AFP)

Penerapan undang-undang hukuman mati bagi homoseksual tersebut dikecam Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Hal itu lantas mendorong selebritas dan kelompok HAM untuk memboikot hotel-hotel milik Sultan, termasuk Dorchester di London dan Hotel Beverly Hills di Los Angeles.

Beberapa perusahaan multinasional sejak itu melarang stafnya menggunakan hotel milik Sultan, sementara beberapa perusahaan pariwisata telah berhenti mempromosikan Brunei sebagai tujuan wisata.

Kerajaan kecil yang kaya minyak dengan lebih dari 450.000 orang ini terletak di Pulau Kalimantan, dekat dengan negara-negara Islam moderat di Indonesia dan Malaysia.

Dibandingkan dengan tetangganya, Brunei tumbuh konservatif dalam beberapa tahun terakhir, termasuk melarang penjualan alkohol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Persaingan Sengit Demi Tiket Liga Champions

Posted: 23 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga Italia Serie A akan menggelar laga terakhir pekan ini. Meski tim juara di liga ini sudah dipastikan, tapi persaingan sengit terus berlanjut hingga pekan ke-38 atau laga pamungkas.

Persaingan sengit terjadi di zona Liga Champions. Di zona ini ada dua tempat tersisa yang harus diperebutkan empat tim.

Mereka adalah Atalanta, Inter Milan, AC Milan dan AS Roma. Mereka akan berebut dua tiket terakhir ke Liga Champions musim depan dengan finis di posisi tiga dan empat Liga Italia.

Atalanta saat ini berada di urutan tiga dengan 66 poin. Mereka unggul selisih gol dari Inter Milan. AC Milan membayangi di urutan lima dengan 65 poin. Roma berada di posisi enam dengan 63 poin.

Di laga pekan 38 Liga Italia, Atalanta akan menjamu Sassuolo. Inter Milan kedatangan Empoli. Sedangkan AC Milan harus berkunjung ke kandang SPAL. Adapun AS Roma berjumpa Parma di kandang sendiri.

Berikut jadwal Liga Italia selengkapnya:

Jadwal Liga Italia

Sabtu 25 Mei 2019

23.00 WIB, Frosinone vs Chievo

Minggu 26 Mei 2019

01.30 WIB, Bologna vs Napoli

20.00 WIB, Torino vs Lazio

23.00 WIB, Sampdoria vs Juventus

Jadwal Selanjutnya

Senin 27 Mei 2019

01.30 WIB, Inter vs Empoli

01.30 WIB, Fiorentina vs Genoa

01.30 WIB, SPAL vs AC Milan

01.30 WIB, Roma vs Parma

01.30 WIB, Atalanta vs Sassuolo

01.30 WIB, Cagliari vs Udinese

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diperiksa Terkait Kasus Makar, Amien Rais: Akan Saya Sampaikan Hal yang Mantap

Posted: 23 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais penuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya. Mantan Ketua MPR itu diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eggi Sudjana atas dugaan makar.

Tiba di Mapolda Metro Jaya pukul 10.25 WIB, Amien ditemani kuasa hukumnya tak banyak komentar terkait pemeriksaan hari ini.

"Nanti saja selesai pemeriksaan akan saya sampaikan hal yang mantap," kata Amien Rais, Jumat (24/5).

Amien Rais sempat mangkir panggilan penyidik pada Senin 21 Mei. Di hari yang sama, ia justru hadir ke Mapolda Metro Jaya membesuk Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma bersama Prabowo Subianto.

 

Tersangka Makar

 

Penyidik Polda Metro Jaya telah menetapkan status tersangka kepada Eggi Sudjana dalam kasus makar. Penetapan tersangka ini menurut penyidik berdasarkan alat bukti dan juga pemeriksaan saksi-saksi.

"Penetapan tersangka itu berdasarkan bukti permulaan yakni pemeriksaan enam saksi, empat keterangan ahli, petunjuk barang bukti seperti video, dan pemberitaan di media online," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.

Dengan keterangan saksi-saksi juga bukti, penyidik melakukan gelar perkara. Alhasil, status celeg PAN tersebut dari saksi dinaikkan menjadi tersangka.

"Setelah dilakukan gelar perkara, penyidik memaparkan keterangan saksi, keterangan ahli dan barang bukti. Gelar perkara tersebut menyimpulkan bahwa untuk status saksi atau terlapor Eggi Sudjana dinaikkan menjadi tersangka," ujar Argo.

"Sesuai dengan pasal Pasal 107 KUHP dan/atau Pasal 110 KUHP jo Pasal 87 KUHP dan/atau Pasal 14 Ayat 1 dan Ayat 2 dan/atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana," ungkap Argo.

 

Reporter: Yunita Amalia

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bermodal Lampu, Fotografer Ini Ciptakan Hasil Jepretan yang Indah

Posted: 23 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemotretan yang dilakukan fotografer sekarang ini bukan lagi hal yang asing di kalangan masyarakat. Ada banyak jenis fotografi yang sering didengar oleh masyarakat awam. Seperti food photography, fashion photography, wedding photography, street photography dan sebagainya.

Menjadi seorang fotografer profesional tentunya harus memiliki keahlian dan bakat memotret yang baik. Setiap fotografer biasanya memiliki triknya tersendiri agar dapat menghasilkan jepretan yang luar biasa.

Seperti yang digeluti oleh salah satu fotografer handal satu ini. Para tim fotografer ini memanfaatkan benda bercahaya seperti tongkat lampu yang dapat menghasilkan efek cahaya yang indah dalam sebuah foto.

Dilansir dari akun Instagram @ericparephoto oleh Liputan6.com, Jumat (24/5/2019) tim fotografer Eric Pare adalah tim yang bergelut dalam bidang light-painting artist. Hasil dari foto yang menggunakan tongkat lampu tersebut pun sangat indah dan luar biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pimpin Kalteng Putra, Gede Sukadana Jadi Teladan Pemain Lain

Posted: 23 May 2019 08:35 PM PDT

Gianyar - Gede Sukadana langsung menjalankan tugasnya sebagai kapten bersama Kalteng Putra sangat baik. Saat berlaga di Piala Presiden 2019, pemain berusia 31 tahun itu menjadi jenderal lapangan tengah dan membawa tim hingga semifinal.

Gede Sukadana pun memimpin timnya dengan sangat baik saat Kalteng Putra meraih kemenangan 2-1 atas PSIS Semarang dalam laga pekan pertama Shopee Liga 1 2019 pada 16 Mei 2019 dan saat bermain imbang 1-1 dengan Persebaya Surabaya, Selasa (21/5/2019).

Mantan gelandang Bali United ini memiliki prinsip yang dipegangnya dalam memimpin rekan-rekan satu timnya di lapangan, baik dalam memberikan semangat kepada rekan-rekannya atau melakukan protes kepada wasit.

"Biasanya saya selalu bicara soal motivasi, tentang kerja keras, dan kerja sama. Kerja keras itu yang utama karena nanti hasilnya pasti mengikuti," ucap Gede Sukadana seperti dilansir situs resmi Liga 1.

"Kalau protes, mungkin ketika ada wasit yang kurang tegas karena saya mewakili pemain untuk protes. Saya tidak pernah bicara kasar. Mungkin hanya bertanya mengapa bisa seperti ini atau seperti itu," lanjutnya.

Gede Sukadana tercatat sebagai pemain yang kenyang pengalaman di kompetisi Indonesia. Dia pernah bermain untuk Persekabpas Pasuruan, Persela Lamongan, Arema, dan Bali United. Pengalaman tersebut yang membuatnya memiliki karakter yang baik dalam membimbing rekan-rekan timnya di Kalteng Putra.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sisa-Sisa Kerusakan Usai Tornado Menghantam Missouri

Posted: 23 May 2019 08:34 PM PDT

Kerusakan parah akibat tornado yang menerjang Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tornado juga menghantam ibu kota negara bagian, membawa hujan lebat, hujan es, angin, dan kilat. (AP Photo/Jeff Roberson)

Kerusakan parah akibat tornado yang menerjang Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tornado juga menghantam ibu kota negara bagian, membawa hujan lebat, hujan es, angin, dan kilat. (AP Photo/Jeff Roberson)

Seorang pekerja berjalan melewati deretan mobil yang rusak akibat tornado di sebuah dealer di Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tiga orang tewas akibat tornado yang menyapu Missouri sehari sebelumnya. (AP Photo/Charlie Riedel)

Seorang pekerja berjalan melewati deretan mobil yang rusak akibat tornado di sebuah dealer di Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tiga orang tewas akibat tornado yang menyapu Missouri sehari sebelumnya. (AP Photo/Charlie Riedel)

Seorang pekerja melihat-lihat mobil yang rusak akibat tornado di sebuah dealer di Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tornado juga menghantam ibu kota negara bagian, membawa hujan lebat, hujan es, angin, dan kilat. (AP Photo/Charlie Riedel)

Seorang pekerja melihat-lihat mobil yang rusak akibat tornado di sebuah dealer di Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tornado juga menghantam ibu kota negara bagian, membawa hujan lebat, hujan es, angin, dan kilat. (AP Photo/Charlie Riedel)

Kerusakan parah terjadi akibat tornado yang melanda Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tiga orang tewas akibat tornado yang menyapu Missouri sehari sebelumnya.  (DroneBase via AP)

Kerusakan parah terjadi akibat tornado yang melanda Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tiga orang tewas akibat tornado yang menyapu Missouri sehari sebelumnya. (DroneBase via AP)

Warga membawa kereta dorong melewati tiang listrik yang berjatuhan usai tornado melanda Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tornado juga menghantam ibu kota negara bagian, membawa hujan lebat, hujan es, angin, dan kilat. (AP Photo/Charlie Riedel)

Warga membawa kereta dorong melewati tiang listrik yang berjatuhan usai tornado melanda Jefferson City, Missouri, AS, Kamis (23/5/2019). Tornado juga menghantam ibu kota negara bagian, membawa hujan lebat, hujan es, angin, dan kilat. (AP Photo/Charlie Riedel)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Persib Tak Menyangka Dipanggil Kembali Timnas Indonesia

Posted: 23 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Bek Persib Bandung Achmad Jufriyanto tidak menyangka dirinya mendapat panggilan mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia asuhan Simon McMenemy. Tim ini rencananya akan memainkan dua laga uji coba pada FIFA Matchday Juni 2019.

Pemain yang akrab disapa Jupe ini mengaku cukup bahagia dan antusias membela negara.

"Sebelum ada surat resmi atau pengumuman di media, pelatih sudah kasih tahu di ruang ganti. Saya kaget, tapi bagaimana lagi sudah rezekinya mungkin ya. Yang jelas itu tambahan motivasi buat saya main bersama Persib musim ini," kata Jupe, Kamis (23/5/2019).

Terakhir kali Jupe memperkuat Timnas Indonesia adalah tahun 2017 saat tim masih dipimpin Luis Milla.

Pelatih timnas, Simon McMenemy, akan melakukan pemusatan latihan di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Kabupaten Bekasi. Para pemain akan mulai berkumpul pada 30 Mei dan berangkat ke Yordania pada 6 Juni.

Timnas diagendakan akan menjalani pertandingan FIFA match day melawan tuan rumah Yordania pada 11 Juni dan menjamu Vanuatu 15 Juni.

"Pasti bahagia, senang bisa kembali memperkuat Timnas Indonesia setelah sekian lama," ujar pemain belakang Persib itu.

 

 

 

 

Fokus

Persib Bandung memperkenalkan Achmad Jucriyanto sebagai rekrutan baru di Bandung, Kamis (18/4/2019). (Huyogo Simbolon)

Meski begitu, Jupe enggan larut dalam kegembiraan karena fokus utamanya saat ini adalah membantu Persib agar meraih poin maksimal di markas Semen Padang pekan depan.

"Yang jelas fokus saya sekarang bukan pertandingan untuk Yordania atau Vanuatu. Saya fokus dulu ke pertandingan terdekat lawan Semen Padang. Setelah itu baru fokus bersama tim nasional," ujar pemain bernomor punggung 16 itu.

Cedera

Seperti diketahui, Jupe baru saja come back saat Maung Bandung menaklukkan Persipura Jayapura 3-0, pada pekan pertama Shopee Liga 1 2019, Sabtu (18/5/2019) lalu. Sebelumnya, pemain asal Tangerang ini selama hampir empat bulan lebih melakukan pemulihan cedera engkel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: