Rabu, 22 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Conoco Philip Komitmen Lanjutkan Operasi di Blok Corridor

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan lawatan ke Amerika Serikat, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tiba di Houston untuk bertemu dengan investor migas Conoco Phillips dan Chevron.

Jonan bertemu dengan CEO Conoco Phillips Ryan Lance pada Rabu 22 Mei 2019, waktu setempat. Dalam pertemuan itu Jonan didampingi Wakil Kepala SKK Migas Sukandar, Duta Besar RI di Washington Mahendra Siregar, dan Konjen RI di Houston.

Pertemuan difokuskan untuk membahas kelanjutan operasi Conoco Philips di Blok Corridor di Sumatera Selatan. Dalam pertemuan tersebut,  Conoco Phillips selaku operator eksisting berkomitmen untuk terus mengoperasikan Blok Corridor bersama pemegang participating interest saat ini.

Hak kelola Blok Corridor akan berakhir pada tahun 2023. Pemerintah mengedepankan pendekatan business to business dalam kerangka penerimaan negara yang lebih maksimal untuk memastikan kelanjutan operasi blok tersebut.

Saat ini Blok Corridor menyumbang sekitar 17 persen dari total produksi gas di Indonesia.

Pertemuan dilanjutkan dengan EVP Upstream Chevron James W Johnson, untuk membahas beberapa isu antara lain Blok IDD dan transisi Blok Rokan kepada Pertamina.

Sebelum ke Houston Menteri ESDM Ignasius Jonan bertemu dengan CEO Freeport McMoran dan mengunjungi area operasi tambang tembaga di Morenci, Arizona. Jonan dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 24 Mei.

Pemerintah Kaji Kebijakan Perbaiki Defisit Neraca Perdagangan Migas

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Dok Foto: Kemenko Bidang Perekonomian)

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengkaji sejumlah langkah kebijakan terkait pencatatan impor minyak hasil ekplorasi Pertamina yang masuk ke Indonesia. Langkah tersebut dibahas dalam rapat koordinasi bersama sejumlah kementerian teknis.

"Sebetulnya, defisit migas kita tidak terlalu lebar. Masyarakat perlu tahu bahwa hasil eksplorasi minyak yang dilakukan Pertamina di luar negeri dan di bawa ke dalam negeri tercatat sebagai barang impor. Itulah yang menyebabkan defisit neraca perdagangan menjadi lebar," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Dalam rapat koordinasi mengenai Neraca Perdagangan Migas ini, Pemerintah merumuskan sejumlah bauran kebijakan antara, merumuskan kebijakan ESDM per Mei 2019, terkait dengan pemanfaatan crude oil hasil eksplorasi di dalam negeri yang biasanya diekspor, sekarang sebagian diolah di dalam negeri untuk pasar dalam negeri.

"Crude oil hasil eksplorasi bagian Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di dalam negeri yang selama ini diekspor, sebagian diolah di kilang Pertamina di dalam negeri. Hal ini akan mengurangi impor crude oil yang dibutuhkan oleh Pertamina untuk memproduksi BBM, seperti solar dan avtur," jelas Menko Darmin.

Ke depan, pemerintah juga menginginkan pencatatan impor atas importasi crude oil hasil eksplorasi dari investasi pertamina di luar negeri tetap dicatat.

Pencatatan atas importasi crude oil hasil investasi dari Pertamina di luar negeri tetap dicatat di Neraca Perdagangan, di samping itu hasil investasi dari Pertamina di luar negeri juga akan di catat sebagai pendapatan primer di neraca pembayaran.

"Kedua pencatatan tersebut sesuai dengan standar International Merchandise Trade Statistic (IMTS) dan standar Balance of Payment Manual IMF," katanya.

Dengan pencatatan hasil investasi Pertamina tersebut, maka pendapatan primer di Neraca pembayaran akan meningkat sehingga dapat mengurangi defisit neraca transaksi berjalan (Current Account Deficit).

Turut hadir dalam rakor ini antara lain Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir.

Kemudian Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kemenko Perekonomian Monty Giriana, Kepala Departemen Statistik Bank Indonesia Wiwiek Sisto Widayat, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Yunita Rusanti.

SKK Migas Minta Pertamina Segera Jual LNG Muara Bakau

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 3 proyek infrastruktur Pembangkit Listrik Tenaga Panas bumi (PLTP) yang dibangun PT Pertamina (Persero). (Liputan6.com/Pebrianto Eko Wicaksono)

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) meminta PT Pertamina (Persero), untuk segera menjual kargo gas alam cair atau Liquified Natural Gas (LNG) Muara Bakau. Ini guna menghindari risiko kelebihan muatan tangki.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher mengatakan, Kargo LNG yang di pasok dari lapangan Muara Bakau berpotensi mengalami kelebihan muatan (high inventory). Hal tersebut disebabkan oleh Pertamina sebagai pembeli yang ditunjuk meminta perubahan jadwal pengapalan kargo di Mei 2019.

"Perubahan tersebut akan berdampak terjadi potensi kelebihan stok gas karena tidak terserap (unmanageable high inventory) di Kilang Bontang pada akhir Mei 2019," kata Wisnu, di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Wisnu mengungkapkan, untuk mengantisipasi hal tersebut, SKK Migas telah berkoordinasi dengan Pertamina sebagai pihak penjual LNG dan Kilang Bontang untuk melakukan mitigasi, antara lain mendesak Pertamina untuk tetap mengambil kargo LNG Muara Bakau sesuai dengan jadwal.

Kemudian mempersiapkan hal teknis untuk menghindari kelebihan stok gas di Kilang Bontang dan mencegah terjadinya penurunan produksi gas dari Muara Bakau untuk mengerem laju Pasokan gas ke kilang Bontang.

"Hingga saat ini SKK Migas terus berupaya melakukan mitigasi dan menjaga monetisasi gas bumi dengan maksimal, guna memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pemerintah," tandasnya.

Pertamina Rogoh Rp 27,4 Triliun Garap 98 Proyek Migas

Langit Biru yang berpadu dengan Gedung Pertamina Pusat (dok. Linda)

PT Pertamina (Persero) mengalokasikan USD 1,9 miliar atau setara Rp 27,4 triliun untuk menggarap 98 proyek eksplorasi dan pengembangan Hulu Migas di Indonesia pada 2019. Langkah ini diambil untuk meningkatkan produksi migas perseroan.

Komitmen investasi Pertamina di sektor Hulu menjadi agenda prioritas pelat merah tersebut di tahun ini.  Hal ini dibuktikan dengan nilai investasi sektor hulu secara keseluruhan yang mencapai sekitar USD 2,6 miliar atau sekitar 60 persen dari keseluruhan investasi Pertamina pada RKAP tahun 2019 yang mencapai USD 4,2 miliar.

"Seluruh proyek tersebut dilaksanakan oleh anak usaha di sektor hulu migas Pertamina yang beroperasi di Indonesia," kata  Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu dalam kesempatan dialog dengan media di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Proyek tersebut terdiri dari 47 proyek dilaksanakan oleh Pertamina EP, 29 proyek oleh PHE, 19 proyek oleh PHI, 2 proyek oleh PEPC, dan 1 proyek oleh PEPC ADK. Proyek-proyek migas tersebut meliputi kegiatan untuk mempertahankan base production seperti kegiatan pemboran, konstruksi fasilitas produksi, pengembangan struktur temuan migas, serta pengembangan EOR.

Proyek-proyek ini penting mengingat perannnya dalam mempertahankan revenue generator hulu saat ini. Kegiatan eksplorasi new ventures dilakukan melalui akses ke WK eksplorasi baru dan investasi untuk melakukan survei sesmik regional.

"Optimisme ini juga didukung dengan sejumlah capaian. Hingga bulan April, Pertamina telah menyelesaikan pemboran 77 sumur di Indonesia yang terdiri dari 72 sumur eksploitasi dan 5 sumur eksplorasi di WK eksisting," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jarang Main, Arsenal Siap Tendang 3 Pemain Ini

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

London - Arsenal menyelesaikan musim ini dengan bertengger di peringkat kelima di Premier League. Untungnya, mereka lolos ke final Liga Europa. Jika bisa mengalahkan Chelsea, The Gunners dapat satu tiket berlaga di Liga Champions musim depan.

Arsenal butuh perubahan agar bisa bersaing di level tertinggi pada musim depan. Karena itu, mereka harus mendatangkan pemain di bursa transfer musim depan.

Sebelum mendatangkan pemain baru, The Gunners harus melepas beberapa pemain. Penjualan pemain dimaksudkan agar bisa membantu menambah dana transfer.

Arsenal bisa dipastikan akan kehilangan Aaron Ramsey yang sudah memutuskan untuk bergabung dengan Juventus. Selain itu, Danny Welbeck juga akan meninggalkan klub secara gratis pada musim depan.

Unai Emery juga harus melepas pemain yang sudah dinilai tak layak dalam timnya. Pemain yang tidak bisa memberikan kontribusi positif memang sudah selayaknya meninggalkan klub.

Berikut ini tiga pemain yang berpotensi meninggalkan Arsenal pada musim panas seperti dilansir Sportskeeda.

Shkodran Mustafi

Pemain Arsenal Shkodran Mustafi menguasai bola saat bertandnag ke markas Chelsea pada laga leg kedua babak semifinal Piala Liga di Stadion Emirates, Kamis (25/1). Tiket final Piala Liga jatuh ke tangan Arsenal usai menang 2-1. (AP/Matt Dunham)

Shkodran Mustafi ingin mencari klub baru pada bursa transfer musim panas mendatang. Pemain Jerman itu sudah membuat beberapa kesalahan di jantung pertahanan The Gunners dan harus dicadangkan untuk mengakomodasi beberapa pemain muda berbakat.

Mustafi adalah bek tengah yang penampilannya tidak konsisten bersama Arsenal. Ia kerap membuat kesalahan sehingga The Gunners menjadi gampang kebobolan.

Mustafi sudah memperkuat Arsenal sejak tahun 2016. Namun, sudah saatnya bagi Mustafi untuk menemukan klub baru agar bisa menemukan kembali permainan terbaiknya.

Mohamed Elneny

Pemain Arsenal, Mohamed Elneny menjadi salah satu pemain yang akan turun pada Piala Dunia 2018 bersama timnas Mesir. (AFP/Ben Stansall)

Mohamed Elneny kesulitan mendapatkan kesempatan bermain pada musim ini setelah kedatangan Lucas Torreira. Pemain Uruguay itu, bersama dengan Granit Xhaka dan pemain muda Mateo Guendouzi, secara rutin mengisi lini tengah The Gunners.

Akibatnya, Elneny hanya bisa menjadi penghangat bangku cadangan. Gelandang Mesir itu hanya menjadi starter sebanyak 10 kali di Premier League dan Liga Eropa musim ini.

Elneny tidak terpakai di bawah kepemimpinan Unai Emery dan harus meninggalkan Emirates agar bisa bermain rutin. Meski kontraknya akan habis pada 2022, sulit melihat Elneny bisa menggeser Torreira.

Carl Jenkinson

Duel udara bek Bournemouth, Adam Smith (kiri) dengan bek Arsenal Carl Jenkinson pada laga lanjutan Liga Inggris, 2018-19 pekan ke-28 di Emirates Stadium, Rabu (27/2). The Gunners menang dengan skor telak 5-1 atas Bournemouth. (Ian KINGTON/AFP)

Carl Jenkinson sudah tidak punya tempat di Arsenal. Pemain-pemain seperti Hector Bellerin, Stephan Lichsteiner dan Ainsley Maitland Niles bisa bermain posisinya.

Kontrak Jenkinson akan habis pada tahun ini. Sudah saatnya sang pemain menemukan klub baru yang bisa memberinya kesempatan bermain rutin.

Jenkinson baru berusia 27 tahun dan sepertinya tidak akan kesulitan mencari klub baru. Kepergian sang bek kanan akan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parodi Pasangan Kekasih Ribut dengan Mimi Peri Ini Bikin Ngakak

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam suatu hubungan memang biasa terjadi suatu permasalahan, tak jarak pasangan kekasih akan saling emosi dan marah.

Permasalahan antar pasangan pun bisa bermacam-macam, bisa karena perasaan maupun keuangan. Namun yang pasti dalam hubungan, harus selalu mengedepankan dialog agar konflik tidak perlu terjadi. Karena apabila sudah menyakiti, tentu tidak akan pulih seperti sedia kala.

Ada sebuah video yang dibagikan oleh akun @Recehin_Aja memperlihatkan aksi sepasang kekasih yang terlibat perkelahian. Namun, tak disangka perkelahian itu bukannya mereda justru semakin memanas. Penasaran apa penyebabnya?

Berikut ini  ulasan mengenai video perkelahian pasangan kekasih yang Liputan6.com kutip dari @Recehin_Aja, Kamis (23/5/2019).

Video parodi perkelahian sepasang kekasih

Awalnya dalam video tersebut terlihat ada sepasang kekasih yang sedang berkelahi, lalu muncul seseorang yang mencoba melerai perkelahian tersebut. Namun ternyata setelah menolong sang wanita yang jatuh tersungkur tersebut, malah pemuda yang melerai ini malah ikut berkelahi.

Ternyata sedari tadi wanita yang sedang coba ia bantu adalah sosok mimi peri. Sungguh tak terduga.

 

Tanggapan Netizen

Dalam video parodi yang diunggah oleh @Recehin_Aja ini langsung mendapat banyak sekali tanggapan dari netizen.

Ada pula yang kasihan terhadap sosok tersebut.

"Haha Ya Allah Babang Ngakak GeLundungan, Kasihan Mimih Perih nya Makin Ancur di PukuLin " ungkap @Aufklarung_Lee

Dikiranya drama korea.

"udah bayangin hekyo ama jongki malah yang muncul gituan" ungkap @ndsinta

"Terimakasih krn video ini, aku masih bisa ketawa wkt scroll timeline yg isinya politik doang" ungkap @IntanLR17

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Arti Tulisan Terakhir Ustaz Arifin Ilham

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Ustaz Arifin Ilham sempat menulis kata-kata terakhirnya. Tulisan tersebut diunggah sang anak di akun instagram pribadinya. Apakah arti tulisan tersebut?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MUI Yogyakarta Bantah Sarankan Jokowi Mundur

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia atau MUI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), KH Thoha Abdurrahman membantah lembaga yang dipimpinnya menyarankan agar Joko Widodo (Jokowi) mundur dan menyerahkan kekuasaannya yang telah diperolehnya melalui Pemilu 2019 kepada Prabowo Subianto.

"Tidak benar kalau ada berita yang menyatakan seperti itu. MUI DIY tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu," kata kepada KRJOGJA.com, Rabu (23/5/2019).

Kiai Thoha menjelaskan, dua hari ini beredar di masyarakat informasi yang menyebutkan MUI DIY menyarankan Jokowi mundur. Informasi tersebut bersumber dari media online yang mewawancarai salah satu pengurus MUI DIY.

"Akibat beredarnya informasi tersebut saya mendapat telepon dari mana-mana, termasuk dari Polda DIY juga dari Jakarta," kata Kiai Thoha.

Orang nomor satu di MUI DIY ini menegaskan, dalam rapat apa pun MUI DIY belum pernah membahas soal politik praktis. Karena itu pernyataan yang beredar tersebut merupakan pernyataan sikap pribadi salah satu pengurus. Bukan pernyataan MUI. Karena itu, pihaknya tidak tahu menahu dan tidak bertanggung jawab atas pernyataan tersebut.

"Masalah ini Jumat besok akan kami bahas dalam rapat pleno," tambahnya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua umum MUI DIY, KH Dr A Malik Madani MA. Menurutnya, tidak semestinya MUI DIY diseret ke politik praktis. Dia juga menilai lancang kalau ada personal pengurus yang mengeluarkan pernyataan politik mengatasnamakan MUI DIY.

"Saya sudah mencoba tabayun kepada yang bersangkutan. Tapi tidak cepat ditanggapi," kata Kiai Malik sambil menyampaikan isi WA tabayunnya, yaitu "Tabayyun tentang kebenaran pernyataan Sekum MUI DIY ini. Apa dasar anda mengatasnamakan MUI DIY dedenn usulan yang menggelikan itu? Jangan coba-coba membawa MUI ke ranah poltik praktis,atau anda akan menghadapi mosi tidak percaya dari pengurus-pengurus yang lain! Harap dijawab! Umat resah akibat pernyataan anda".

 

Baca berita menarik lainnya di KRJogja.com.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Adu Gaya Brad Pitt dan Leonardo DiCaprio di Festival Film Cannes

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Aktor Brad Pitt tersenyum saat tiba menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019).  Brad Pitt tampil santai mengenakan jeans hitam, kemeja polo hitam, kaca mata dan topi. (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktor Brad Pitt tersenyum saat tiba menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019). Brad Pitt tampil santai mengenakan jeans hitam, kemeja polo hitam, kaca mata dan topi. (AP Photo/Joel C Ryan)

Aktor Brad Pitt dan Leonardo DiCaprio tersenyum saat berpose menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019). (AP Photo/Vianney Le Caer)

Aktor Brad Pitt dan Leonardo DiCaprio tersenyum saat berpose menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019). (AP Photo/Vianney Le Caer)

Aktor Brad Pitt tersenyum saat tiba menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019).  Brad Pitt tampil santai mengenakan jeans hitam, kemeja polo hitam, kaca mata dan topi. (AP Photo/Vianney Le Caer)

Aktor Brad Pitt tersenyum saat tiba menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019). Brad Pitt tampil santai mengenakan jeans hitam, kemeja polo hitam, kaca mata dan topi. (AP Photo/Vianney Le Caer)

Aktor Leonardo DiCaprio berpose saat menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019). DiCaprio tampil dengan setelan jas biru necis dan kemeja putih dengan bagian atas tanpa dikancing. (AP Photo/Vianney Le Caer

Aktor Leonardo DiCaprio berpose saat menghadiri pemutaran film 'Once Upon a Time in Hollywood' selama Festival Film Cannes Internasional ke-72 di Prancis (22/5/2019). DiCaprio tampil dengan setelan jas biru necis dan kemeja putih dengan bagian atas tanpa dikancing. (AP Photo/Vianney Le Caer

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedua Anak Akan Imami Salat Jenazah Ustaz Arifin Ilham

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Ustaz Arifin Ilham saat ini masih berada di Penang Malaysia. Rencananya, jasad penceramah yang lekat dengan ajakan zikir sebagai medium dakwahnya, akan tiba di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Kamis (23/5/2019) pukul 16.00 WIB.

Setibanya di Sentul, jenazah Ustaz Arifin Ilham akan langsung disalatkan di Masjid Az Zikra. Sesuai wasiat, anak tertua, Alvin Faiz akan bertindak sebagai imam.

"Insyallah solat jenazah diimakan Alvin di sini," imbuh Alvin Faiz dalam konferensi pers di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor, Kamis (23/5/2019) siang.

Setelah disalatkan Di Az Zikra Sentul, jenazah Ustaz Arifin Ilham akan langsung dibawa ke Masjid Az Zikra Gunung Sindur.

 

Disalatkan Anak Kedua

Ustaz Arifin Ilham/Instagram

Di sana, almarhum akan kembali disalatkan dengan imam anak kedua Ustaz Arifin Ilham, Ameer Az Zikra.

"Az Zikra yang di sana Ameer. Jadi minta doanya saja. Mohon doa untuk Abi semoga amalan diterima, diampuni dosanya. Dan semoga semua ada hikmahnya," tandas Alvin.

Selanjutnya jenazah akan dikebumikan di lingkungan pesantren di Gunung Sindur, Kamis (23/5/2019) sore.

Awalnya jenazah Ustaz Arifin Ilham akan dipulangkan dari Malaysia ke Indonesia pada Kamis pagi. Namun karena terkendala urusan imigrasi, maka kepulangan harus mundur dari jadwal semula.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkapan Bela Sungkawa Sandiaga Uno untuk Ustaz Arifin Ilham

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cawapres Sandiaga Uno mengenang Ustaz Arifin Ilham dengan mengunggah foto saat menjenguk sang ustaz yang tengah dirawat di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta beberapa waktu lalu. Sandiaga mengunggah foto itu di akun Instagram pribadinya setelah kabar kematian Arifin berembus pada Rabu, 22 Mei 2019.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Selamat jalan Ustadz Arifin Ilham. Semoga Allah melapangkan kuburnya, mengampuni segala dosanya, dan menerima segala amal ibadahnya. Aamiin ya rabbal alamin. 

Momen ini diabadikan pada 8 Januari lalu di RSCM ketika beliau sedang dirawat. Tidak banyak kata-kata yang terucap. Setiap saya ajak berbicara, ia hanya bisa memberi sinyal melalui genggaman tangannya. Takjub melihat kuatnya beliau menghadapi penyakit yang dideritanya. Kini Allah telah memanggilnya, semoga beliau mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah subhanahu wa ta'ala," tulis Sandiaga Uno dalam keterangan fotonya.

Dalam unggahan foto, Sandiaga terlihat memegang erat tangan kanan Arifin Ilham. Sambil duduk di samping tempat tidur, putra Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz juga ikut berfoto bersama.

Sementara itu, Arifin Ilham berbaring di ranjang. Infus di tangan pun terlihat. Wajah Arifin Ilham tampak lemah.

Doa dari putranya

Putra Ustaz Arifin Ilham mendoakan sang ayah. (Instagram)

Arifin Ilham wafat pada usia 49 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening. Ia meninggal setelah melewati masa kritis di Penang, Malaysia pada Rabu, 22 Mei 2019 malam.

Kabar duka disampaikan oleh putra Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz melalui akun Instagram pribadinya. Ia mendoakan kepergian sang ayah tercinta.

Al memohon maaf bila ada perbuatan dan ucapan dari sang ayah yang tak berkenan di hati.

"Innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin.

Insya Allah secepatnya Abi dipulangkan dari malaysia dan dimakamkan di pesantren Azzikra Gunung Sindur Nogor. Sekiranya jika ada salah kata atau perbuatan dari abi, mohon dibuka permintaan maaf sebesar besarnya. Ya Allah, jika ini yang terbaik, kami ikhlas ya Allah, kami ridho ya Allah," tulis Alvin dalam keterangan fotonya.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rooh Afza, Minuman Rasa Mawar yang Jadi Buruan Muslim India Kala Ramadan

Posted: 22 May 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Sejak bulan suci Ramadan dimulai pada dua pekan lalu, jutaan umat Muslim di India dibuat gusar oleh kurangnya pasokan Rooh Afza di pasaran. Ini adalah minuman ringan rasa mawar yang telah menjadi tradisi buka puasa masyarakat setempat sejak puluhan tahun silam.

"Rooh Afza adalah suatu keharusan untuk berbuka puasa selama Ramadan," kata Shaista Bagum, salah seorang warga Muslim di New Delhi.

"Sudah menjadi tradisi selama beberapa dekade terakhir, kami biasa meminum air putih atau susu yang dicampur Rooh Afza. Semua orang suka berbuka puasa dengan itu," lanjutnya sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Rabu (22/5/2019).

Sementara itu, Jameela Khatoon (35) datang ke Masjid Jama, sebuah masjid era Mughal di Old Delhi, bersama dengan anggota keluarganya untuk mengadakan buka puasa di sana. Setelah melihat Rooh Afza dijual di luar masjid agung, dia langsung membeli empat botol.

"Selama empat hari terakhir, saya pergi ke setidaknya 20 toko di wilayah kami, tetapi harus kembali dengan tangan kosong," katanya.

"Botol-botol ini cukup untuk konsumsi selama bulan suci Ramadan," lanjutnya sambil tersenyum, memegang botol-botol kaca yang didambakan, yang harganya masing-masing hampir US$ 3, atau sekitar Rp 43.664.

Beberapa distributor dan toko grosir mengkonfirmasi kepada Al Jazeera bahwa ada kekurangan Rooh Afza di pasar India.

Mohammad Siddiqui, seorang distributor di daerah Okhla yang didominasi Muslim, mengatan sedikitnya 20 pelanggan pulang dengan tangan kosong setiap hari dalam sepekan terakhir.

"Sangat menyedihkan melihat pelanggan kesulitan mencari minuman favorit mereka di bulan suci Ramadan," katanya. "Bukan soal dampaknya pada bisnis saya, tapi kesedihan di wajah pelangganlah yang membuat saya khawatir."

Lain lagi cerita dari Mohammad Abdullah, pedagang pinggir jalan di Old Delhi, yang mencari nafkah dengan berjualan minuman di luar Masjid Jama. Segelas air dicampur dengan Rooh Afza dijual seharga 10 rupee, atau sekitar Rp 2.100.

"Ramadan adalah musim puncak untuk bisnis kami. Tetapi karena kendala pasokan, kami harus membeli Rooh Afza dari pasar gelap dengan harga lebih tinggi," keluhmua.

Abdullah mengatakan beberapa pelanggannya bahkan menawarkan untuk membayar dua kali lipat harga untuk botol Rooh Afza. "Begitulah situasinya di pasar."

 

Dijual Sejak Lebih dari Satu Abad Lalu

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Rooh Afza adalah produk besutan Hamdard Laboratories, yakni sebuah perusahaan yang banyak memproduksi berbagai merek rumah tangga terkenal di India.

Perusahaan ini bermula dari sebuah klinik kecil di Old Delhi yang didirikan oleh Hakeem Abdul Majeed pada 1906. Diberi nama "Hamdard" yang berarti "empati" dalam bahasa Urdu, klinik ini sebagian besar menjual obat-obatan Unani, atau pengobatan holistik asli India.

Setahun setelahnya, Majeed mengembangkan Rooh Afza, campuran herbal untuk membantu mendinginkan tubuh di tengah cuaca Delhi yang panas dan lembap, serta juga diklaim mampu melawan stroke ringan dan mencegah dehidrasi.

Beberapa dekade kemudian, Majeed mengubah ramuan obatnya itu menjadi minuman rasa mawar yang cepat meraih atensi luas masyarakat India.

Setelah kemerdekaan India dan pembentukan Pakistan pada 1947, Majeed dan kedua putranya tetap tinggal di Negeri Hindustan, sementara keluargan besarnya pindah ke Pakistan.

Putra bungsu Majeed, Hakeem Mohammed Said mendirikan Hamdard Pakistan di Karachi, lalu diberi lisensi untuk memproduksi Rooh secara lokal di sana.

Langka Akibat Keretakan Bisnis?

Ilustrasi (iStock)

Menurut laporan berbagai media lokal India, penurunan produksi Roof Afza disebabkan oleh keretakan bisnis Hamdard secara keseluruhan, di mana konon tengah terjadi perebutan kendali atas perusahaan bernilai aset US$ 100 juta, atau setara Rp 1,4 triliun.

Namun, dalam sebuah pernyataan resmi yang dirilis pada Kamis pekan lalu, Hamdard Laboratories India mengatakan sedang menghadapi kekurangan bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat Rooh Afza.

"Dengan waktu puasa Ramadan dan musim panas yang bertepatan, ada permintaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar. Hamdard menghadapi kendala pasokan bahan-bahan herbal tertentu yang tidak tersedia karena kekurangan sementara," kata pernyataan itu.

Sementara itu, ketika laporan tentang krisis Rooh Afza di pasar India mulai beredar, Usama Qureshi, yang mundur sebagai CEO Hamdard Pakistan pekan lalu, mengetwit bahwa perusahaannya akan dengan senang hati membantu, jika pihak berwenang India mengizinkan.

"Kami dapat memasok Rooh Afza dan Rooh Afza Go (versi baru minuman berkarbonasi) ke India selama Ramadan ini. Kami dapat dengan mudah mengirim truk melalui perbatasan Wagah jika diizinkan oleh pemerintah India," tulisnya di Twitter.

Qureshi mengatakan Hamdard Pakistan telah mengekspor Rooh Afza ke lebih dari 36 negara, dan menghasilkan keuntungan lebih dari US$ 7 juta, atau setara Rp 101 miliar tahun lalu.

Dia menambahkan bahwa perusahaan tidak mengekspor ke India karena pembatasan perdagangan terkait ketegangan baru-baru ini antara kedua tetangga Asia Selatan.

"Saat ini sangat sulit karena India telah mengenakan bea 200 persen pada produk-produk Pakistan. Tidak ada produk yang dapat bertahan pada tingkat tersebut," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Jadinya Jika Mimi Peri Bangunin Orang Sahur, Langsung Melek

Posted: 22 May 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salam sapa manja ula ulala baby. Siapa yang belum pernah mendengar lirik tersebut? Berarti kamu belum pernah melihat postingan Mimi Peri.

Selebgram satu ini memang membuat banyak orang tertawa dengan kreativitasnya dalam fashion dengan benda-benda tak terduga. Bahkan Mimi Peri ini mengaku berasal kahyangan tapi suka menyapa makhluk bumi via Instagram.

Mimi Peri atau yang bernama asli Ahmad Jaelani, lahir pada 13 Juni 1988 dan saat ini tinggal di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Selain mengaku dari kahyangan dengan gaun-gaun super kreatif, Mimi Peri ini juga bisa dibilang terkenal di kalangan pecinta K-Pop dan K-Drama Tanah Air. Ini semua gara-gara dia sering mengaku sebagai istri bahkan punya anak dari Sehun EXO dan Lee Min Ho.

Saat ini di media sosial Instagramnya @mimi.peri telah banyak diunggah konten-konten menarik yang membuat gelak tawa warganet. Seperti yang diunggah baru-baru ini, Mimi Peri memposting video saat membangunkan orang sahur. Berikut Liputan6.com kutip momen Mimi Peri bangunin orang sahur, Kamis (23/5/2019).

Mimi Peri Bangunin Orang Sahur

 

Sahur merupakan salah satu bagian terpenting saat bulan Ramadan tiba. Di Indonesia sendiri rasanya sudah lama ada tradisi membangunkan sahur itu ada. Biasanya, sekumpulan anak muda berkumpul dan berkeliling membangunkan warga setempat.

Menariknya tak hanya sekadar membangunkan dengan berteriak, namun juga diramaikan dengan beragam alat musik. Kurang lebih seperti yang dilakukan oleh Mimi Peri ini ketika bangunin orang sahur. Meski tidak harus turun ke jalanan, Mimi Peri cukup membangunkan sahur netizen dengan mengupload video di Instagramnya. 

Diawali dengan senyuman serta dengan irama yang mendayu-dayu Mimi Peri mengajak orang-orang untuk sahur.

"Sahurrrrr, sahurrrr, bangunlah mahkluk bumi, sahurrr, sahurrr".

Dengan gaya yang gemulai serta mimik wajah manja, serta suara menggoda Mimi Peri membangunkan orang sahur.

Netizen langsung melek

Tak ayal video Mimi Peri Bangunin orang sahur ini pun mendapat reaksi yang beragam dari netizen. Mulai dari yang ketawa ngakak melihat video ini hingga komentar lucu tentang keindahan suara merdu dari Mimi Peri.

" Kalau yg bangunin sahurnya kayak gini, mgkin selamanya gak ktduran lagi," oleh @nyakchintya.

" Ibu dini, makasih dah bangunin nyip sahur," oleh @arifhidayatid.

" Suarannyya ibu dinii merduuu bangett," oleh @hania.asshofie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semua Negara Menderita Akibat Perang Dagang AS-China

Posted: 22 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, semua negara menderita akibat perang dagang Amerika Serikat (AS) dengan China. Perang dagang tersebut membuat pertumbuhan ekonomi terus menurun dari proyeksi yang telah ditetapkan pada awal tahun.

"Ya semua sudah memangkas dan OECD terlambat untuk memangkas jadi memang itu adalah perkiraan semua pihak. Bahwa perang dagang tidak menguntungkan siapa-siapa walaupun Donald Trump yakin menang, pasti semuanya menderita," ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Perang dagang yang terjadi terus-menerus tersebut, kata Darmin, membuat Indonesia bekerja keras untuk mendongkrak ekonomi. Apalagi saat ini pemerintah menginginkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

"Buat kita itu artinya harus semakin berusaha dan makin keras berusaha mempertahankan apa yang telah dicapai. Sehingga kita bisa mempertahankan pertumbuhan tetap masih bisa didorong lebih tinggi," jelasnya.

Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, pemerintah saat ini masih terus berupaya menggerakkan sektor-sektor yang dapat diandalkan mendongkrak ekspor dan investasi. Khusus investasi, Indonesia bersaing dengan Thailand dan Vietnam dalam merebut investor dari China.

"Peluang mengisi yang tadinya berlangsung dalam perang dagang ini atau mengundang investor tadinya mungkin dari China untuk tidak kena bea masuk. Kita bisa mencari jalan mengembangkan ke Indonesia tapi jangan lupa Vietnam juga mau begitu, Thailand juga mau begitu. Sehingga itu berarti kemampuan masing-masing untuk mengundang," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

AS Tak Bakal Rugi Akibat Perang Dagang

Perang Dagang AS - China

Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China yang kembali berlanjut disebut tidak akan merugikan AS. Dampak ke Negeri Paman Sam dinilai akan kecil meski ada adu tarif besar-besaran.

Alasan kuatnya ekonomi AS adalah diversifikasi. Artinya, AS mengandalkan beragam sektor sebagai penghasilan ekonomi mereka dan tidak bergantung ke satu saja.

"Saya pikir AS adalah ekonomi yang begitu besar dan terdiversifikasi sehingga dampak terhadap ekonomi keseluruhan akan relatif kecil," ujar Presiden Federal Reserve dari St. Louis, James Bullard, seperti dikutip Reuters. 

Menurut Bullard, perang dagang baru akan merugikan AS jika terjadi dalam jangka panjang. Selain itu, negara-negara luar AS yang tergantung pada dagang juga lebih merasakan dampak perang dagang.

Umumnya, negara-negara itu hanya terseret oleh perang dagang yang terjadi. Pakar dari Morgan Stanley pun mengatakan buntunya negosiasi perang dagang bisa membawa resesi ke ekonomi seluruh dunia. 

"Jika pembicaraan ini terhambat, tak ada kesepakatan yang disetujui, dan AS menerapkan 25 persen tarif kepada sekitar USD 300 miliar barang impor China, kami melihat ekonomi global menuju resesi," jelas Morgan Stanley.

Resesi ekonomi dunia ditandai pertumbuhan di bawah 2,5 persen. Tahun ini, IMF memperkirakan pertumbuhan dunia adalah 3,3 persen tahun ini, turun dari perkiraan tahun 2018 yakni 3,7 persen.

Perang dagang AS-China kembali berlanjut ketika Presiden Donald Trump menerapkan tarif baru pada Jumat, 10 Mei 2019. Kedua negara sempat mengambil gencatan senjata pada Desember lalu. Negosiasi dagang pun masih terus berlanjut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Raffi Sempatkan Berbuka Puasa bersama Sang Mertua

Posted: 22 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang dimanfaatkan sebagian besar umat Islam untuk berkumpul bersama keluarga. Waktu berbuka puasa dan sahur menjadi salah satu momen favorit keluarga saat Ramadan. Begitu pun dengan presenter kondang Raffi Ahmad. Meski memiliki jadwal yang sangat padat di bulan Ramadan, ia tetap menyempatkan waktu untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Momen berbuka puasa tersebut dibagikan Raffi di akun YouTubenya, yakni Rans Entertainment. Dalam video berdurasi 13 menit itu, terlihat Raffi berbuka puasa di rumah sang mertua, Rieta Amilia, di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Ia mengawali buka puasa dengan makanan favoritnya, yaitu serabi.

"Hari ini kita mau buka puasa bareng di rumah Tebet, karena aku udah jarang banget ke sini," ujar Raffi di video YouTube Rans Entertainment, Minggu (19/5/2019)

Usai berbuka, Raffi didampingi oleh Nagita Slavina berkeliling memperlihatkan sebagian isi rumah yang diakuinya telah banyak berubah. Raffi juga menyempatkan diri bermain drum bersama sang buah hati.

Puas bermain bersama sang anak, Raffi kembali menyantap ayam bakar yang telah disediakan oleh Nagita. Di sela-sela makan, sang mertua yang dikenal dengan sebutan Mama Rieta menceritakan pengalaman puasa pertamanya kepada Raffi dan Nagita.

"Dulu Mama puasa pas SD, tapi dulu pas mandi suka minum di bak mandi," ujarnya.

Tak mau kalah, Nagita juga ikut menceritakan pengalaman puasanya saat kecil.

"Kalau puasa dulu dikasih hadiah, angpau dapet sama kalau puasa berapa hari itu dihitung berapa. Kalau puasa setengah hari juga diitung setengah, jadi nanti pas Lebaran kita mojok tuh ngitungin duit siapa yang paling banyak," ujar Nagita.

Uang hadiah puasa yang didapatkan Nagita dihitung seharga 10 ribu rupiah per hari. Ia mengaku uang tersebut digunakan untuk jajan atau bermain wahana bom-bom car.

"Alhamdulillah walaupun kita jarang buka, pas batalinnya bareng, tapi hari ini kita bisa makan bareng di sini," ujar Nagita.

Raffi diktahui juga akan menyempatkan sahur bersama Mama Rieta sebelum dirinya berangkat mengisi acara sahur.

"Besok atau lusa kita sahur di sini," ucap Nagita di akhir video.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Kenal Rasa Takut, Nenek Berusia 102 Tahun Ini Hobi Sky-diving

Posted: 22 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sky-diving adalah salah satu olahraga ekstrem yang cukup banyak digemari oleh banyak orang. Sky-diving merupakan istilah yang merujuk kegiatan terjun bebas di udara dari ketinggian. Biasanya dilakukan dengan pesawat.

Secara umum biasanya sky-diving dilakukan oleh orang dewasa yang memiliki stamina yang fit dan tubuh yang kuat. Tentunya hal ini penting mengingat tekanan saat terjun bisa menjadi masalah jika tubuh tidak fit.

Namun salah satu wanita yang sudah lanjut usia ini justru masih memiliki hobi untuk melakukan kehiatan ekstrem tersebut. Bukan tanpa alasan, nenek ini memiliki alasannya masih melakukan sky-diving di usia lanjut.

Sebagai bentuk charity

Irene O'Shea (Sumber: adelaide.news)

Dilansir dari Mashable, Kamis (23/5/2019) oleh Liputan6.com, nenek berusia 102 tahun diketahui memiliki hobi luar biasa yaitu sky-diving. Nenek tersebut bernama Irene O'Shea. Ia memiliki keinginan untuk melakukan olahraga ekstrem tersebut pun bukan tanpa alasan

O'Shea pernah terjun dari ketinggian 1400 kaki atau sekitar 426 meter di atas permukaan bumi. Ia percaya bahwa ia menjadi wanita tertua yang melakukan sky-diving dengan ketinggian tersebut. Dalam video yang diunggah oleh Mashable tersebut merupakan penerjunannya yang ketiga.

 

Sky-diving pertama kali dilakukan tahun 2016

Nenek buyut, Irene O'Shea terjun payung di langit Australia Selatan, 9 Desember 2018. Nenek 102 tahun itu diyakini sebagai penerjun payung tertua di dunia setelah terjun dari ketinggian 4.300 meter. (Bryce SELLICK, Matt TEAGER/SA Skydiving/AFP)

Ia melakukan sky-diving bersama tim SA Skydiving. O'Shea pertama kali terjun pada tahun 2016 saat ia merayakan usianya ke 100 tahun. Kemudian ia melakukan sky-diving lagi setahun setelahnya pada tahun 2017 dan yang ketiga pada tahun 2018.

Ia jadi menyukai sky-diving dan selalu ingin melaukannya lagi. Kegemarannya tersebut kemudian membuatnya sebagai aksi kepedulian atau charity.

Anak perempuan Irene O'Shea meninggal akibat penyakit Motor Naurone Disease atau penyakit yang menyerang sel-sel yang mengendalikan otot-otot voluter dari tubuh. Maka dari itu aksinya kemudian menjadi bentuk kepedulian dan meningkatkan kesadaran akan bahayanya penyakit ini. Melakukan penggalangan dana yang kemudian disumbangkan untuk MNDSA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Batas Waktu Peserta Pemilu Serahkan Berkas Gugatan ke MK Besok

Posted: 22 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjelaskan, batas akhir para peserta legislatif yang akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) adalah Jumat 24 Mei 2019.

Komisoner KPU Viryan Aziz mengatakan, hal tersebut merujuk pada Pasal 474 dan Pasal 475 Undang-undang Pemilu. Pasal tersebut menjelaskan, peserta pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD mengajukan permohonan kepada MK paling lambat 3x24 jam sejak diumumkan penetapan perolehan suara.

Sedangkan peserta pilpres mengajukan keberatan kepada MK, tiga hari setelah penetapan hasil pemilu Presiden dan wakil Presiden di KPU.

"Kalau yang pileg dini hari besok, pukul 01.46 WIB, Sementara kalau Pilpres tiga hari kerja, tanggal 24 nah jamnya jam berapa itu bisa dikonfirmasi ke ketua MK, karena kan yang menetapkan 3 hari itu," kata Viryan di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

"Apakah sama 3x24 jam atau kah waktu kerja normal apakah pukul 16.00 WIB Atau hari kalender yang seperti KPU biasa lakukan sampai pukul 24 itu silakan dengan MK koordinasi," lanjut Viryan.

 

Jika Tak Ajukan Gugatan ke MK

Sebanyak 14 perwakilan partai politik foto bersama usai pengambilan nomor urut peserta pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Minggu (18/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kemudian jika peserta legislatif dan Pilpres tidak mengajukan sengketa ke MK, pihaknya kata Viryan akan mengumumkan penetapan Pileg dan Pilpes. Dan melakukan koordinasi bersama pihak MK.

"Iya, penetapan. Jadi poin pentingnya adalah yang KPU tetapkan kemarin tanggal 21 Mei pukul 1.46 WIB itu adalah penetapan hasil pemilu. Belum penetapan calon terpilih," kata Viryan.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak dan Sisa-Sisa Kerusuhan 22 Mei di Jakarta

Posted: 22 May 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kerusuhan 22 Mei telah berakhir. Massa yang bertahan dari Rabu, 22 Mei 2019 malam akhirnya mundur pada Kamis (23/5/2019) pagi dari pusat konsentrasinya di Jalan Wahid Hasyim arah Tanah Abang, Jalan Wahid Hasyim arah Gondangdia, dan Jalan Agus Salim (Sabang).

Meski Brimob sempat membuat barikade dan menembakkan gas air mata hingga saling tembak, namun akhirnya massa aksi 22 Mei yang ricuh itu berangsur pergi.

Aksi 22 Mei memang sudah berakhir, tetapi masih ada sisa-sisa sampah yang berserakkan di sekitar Gedung Bawaslu. Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan oranye nampak membersihkan puing-puing sisa aksi 22 Mei itu.

Tak hanya itu, tulisan raksasa pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat juga dirusak massa. Tulisan Sarinah yang berada di pojokan di Jalan Wahid Hasyim dan Jalan MH Thamrin sudah tak utuh lagi.

Selain itu, layanan bus Transjakarta masih mengalihkan beberapa rutenya. Layanan bus Transjakarta yang sebagian masih dialihkan seperti Blok M-Kota (Koridor 1), Senen-Bundaran Senayan (1P), Kalideres-Bundaran Senayan (3F), Grogol-TU GAS (4A), dan Bundaran Senayan- TU GAS (4C).

Berikut dampak dan sisa-sisa dari aksi 22 Mei yang berujung ricuh dihimpun Liputan6.com:

 

1. Logo Sarinah Rusak dan Sampah Menumpuk

Seorang pria berdiri di depan gedung Sarinah, Jakarta, pascarusuh polisi dan massa, Kamis (23/5/2019). Kerusuhan di sekitar Bawaslu pada 22 Mei 2019 malam menyisakan kerusakan di berbagai titik, salah satu yang jadi korban adalah logo 'Sarinah' yang ikonik. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tulisan raksasa pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat rusak usai aksi 22 Mei 2019. Tulisan Sarinah yang berada di pojokan di Jalan Wahid Hasyim dan Jalan MH Thamrin sudah tak utuh lagi.

Pantauan Liputan6.com, tulisan warna merah Sarinah saat ini tinggal kata "inah" saja. Sedangkan huruf "sar" terpotong dan masih tergeletak di sampingnya.

Tempat perbelanjaan ini memang berlokasi tepat di seberang gedung Bawaslu. Di mana Jalan MH Thamrin merupakan lokasi pusat aksi 22 Mei.

Gedung perbelanjaan modern pertama yang diresmikan tahun 1946 oleh Presiden Soekarno ini juga terlihat rusak di beberapa sisi.

Dari pantauan di lokasi, beton konblok jalan di areal parkir Sarinah terlihat tercabut, tembok pondasi pertokoan dibobol, pot dipecahkan, bahkan pot permanen dan kamera CCTV sudah tidak pada posisinya.

Selain itu, tumpukan sampah sisa kerusuhan tampak menghiasi halaman gedung Bawaslu Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.

Tak hanya itu, ceceran sampah yang didominasi oleh batu dan botol air, yang sebelumnya digunakan sebagai amunisi massa aksi 22 Mei itu tampak menghiasi sepanjang perempatan Jalan MH Thamrin.

Seperti dikutip JawaPos.com, tumpukan sampah tersebut membuat jalanan di depan kantor Bawaslu sedikit tergenang. Itu karena sisa air dari water canon polisi dan mobil pemadam kebakaran yang sempat memadamkan kobaran api di area pengunjuk rasa.

 

2. Rute Transjakarta Masih Dialihkan dan Halte Dirusak

Aktivitas bus Transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Rabu (2/1). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menargetkan 231 juta pelanggan pada tahun 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Masyarakat Jakarta saat ini tetap dapat menikmati layanan Transjakarta, meskipun beberapa rute dialihkan setelah kerusuhan 22 Mei kemarin.

"Kami secara terus menerus memantau setiap perkembangan. Masyarakat tetap bisa gunakan," kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono di Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Agung merinci, layanan Transjakarta sebagian masih dialihkan seperti Blok M-Kota (Koridor 1), Senen-Bundaran Senayan (1P), Kalideres-Bundaran Senayan (3F), Grogol-TU GAS (4A) dan Bundaran Senayan- TU GAS (4C).

Kemudian Kampung Melayu – Grogol (5A), Ragunan-Monas via Kuningan (6A), Pinang Ranti-Pluit (Koridor 9), Kebayoran Lama-Grogol (9E) dan Poris-Bundaran Senayan (T11).

Selain itu, sejumlah rute mengalami perpendekan, antara lain Tanah Abang-Batusari (8K), Tanah Abang- Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang-Senen (1R), Tanah Abang-Melayu (5F), Tanah Abang- Blok M (1N), Tanah Abang-Pasar Minggu (9D) dan Tanah Abang-Pondok Cabe (S41).

Sedangkan sejumlah layanan Transjakarta yang berhenti beroperasi usai aksi 22 Mei 2019, yakni angkutan mikro di Kawasan Tanah Abang, Stasiun Palmerah-Tosari (1B), Tanah Abang-Kebayoran (8C), Tanah Abang-Dukuh Atas (DA2), Harmoni-Bundaran Senayan (GR1), Tanah Abang Explorer (GR2) dan Bus Wisata.

"Penyesuaian layanan Transjakarta bersifat situasional. Bus Transjakarta akan beroperasi setelah pihak berwenang memutuskan situasi kondusif," kata Agung seperti dikutip dari Antara.

Agung juga mengungkapkan sarana prasarana Transjakarta juga mengalami kerusakan. Kaca loket halte Bidara Cina pecah akibat ricuh pada hari Rabu, 22 Mei 2019.

Kerusakan juga terjadi pada halte Slipi Kemanggisan. Kaca halte pecah akibat lemparan batu saat bentrokan pengunjuk rasa dengan petugas kepolisian pukul 16.00 WIB. "Dari peristiwa tersebut tidak ada korban," ungkapnya.

Setelah kejadian, Transjakarta langsung menindaklanjuti untuk mendata aset yang mengalami kerusakan dan dilakukan perbaikan segera agar memberikan kenyamanan kepada pelanggan.

 

3. Stasiun MRT Hanya Sampai Dukuh Atas

Antrean calon penumpang saat membeli tiket untuk menggunakan layanan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Rabu (3/4). Layanan MRT dimulai pukul 05.30 WIB hingga 22.01 WIB. (merdeka.com/Imam Buhori)

Corporate Secretary PT MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin menyatakan, mulai pukul 08.30 WIB, Kamis (23/5/2019), stasiun bawah tanah MRT Jakarta sudah dibuka kembali.

Namun, MRT Jakarta hanya membuka rute sampai Stasiun Dukuh Atas BNI, karena Stasiun Bundaran HI masih ditutup sementara mengantisipasi kembalinya aksi massa 22 Mei.

"Layanan Stasiun MRT bawah tanah dimulai dari Stasiun Senayan sampai dengan Stasiun Dukuh Atas BNI kembali dibuka dari 08.30 pagi ini hingga update kami selanjutnya," kata Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/5/2019).

Kendati begitu, kata dia, saat ini Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI) masih ditutup sementara.

Sebelumnya, pada pukul 05.00 WIB Kamis, 23 Mei 2019 MRT Jakarta melakukan penutupan sementara di seluruh stasiun bawah tanah. Sehingga hanya melayani di tujuh stasiun saja.

Ketujuh stasiun layang tersebut yakni, Stasiun MRT Lebak Bulus Grab, Fatmawati, Cipete, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan ASEAN.

 

3. Kereta Commuter Line Kembali Normal

Rangkaian kereta commuter line saat melintas di dekat Stasiun Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (29/12/2015). Untuk mengakomodasi penumpang pada malam pergantian tahun, KRL Commuter Line akan beroperasi 24 jam. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kerusuhan 22 Mei yang terjadi di Jakarta menyebabkan Stasiun Tanah Abang dan Palmerah sempat ditutup. Namun, pada Kamis (23/5/2019) pagi situasi mulai kondusif dan perjalanan kereta rel listrik (KRL) pun normal kembali.

Stasiun Tanah Abang dan Palmerah yang sempat ditutup kini telah beroperasi kembali. Penumpang KRL sudah dapat naik atau turun di stasiun tersebut.

"#RekanCommuters #InfoLintas Kami informasikan untuk rute perjalanan KRL Bogor/Angke/Jatinegara dan Rangkasbitung/Tanah Abang perjalanan KA normal kembali. Stasiun Tanah Abang dan Palmerah sudah dapat melayani naik/turun penumpang," tulis akun Twitter resmi PT Kereta Commuter Indonesia, @CommuterLine.

Meski begitu, penumpang tetap diimbau untuk tetap memperhatikan informasi dari petugas. "Kami imbau untuk tetap memperhatikan intruksi dan informasi dari petugas."

Sebelumnya, suara letusan senapan gas air mata berbalas pekik demonstran terdengar dari dalam Stasiun Tanah Abang pada Rabu 22 Mei. Para penumpang yang hendak keluar stasiun terpaksa tertahan sejak pagi.

 

4. Pasar Tanah Abang Masih Sepi

Potret Kondisi Terkini Pasar Tanah Abang Saat Aksi 22 Mei (sumber:Liputan6.com)

Aktivitas di dalam dan sekitar Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, sudah berjalan normal setelah sehari sebelumnya ditutup akibat aksi 22 Mei 2019.

"Semua normal. Kondisi penumpang juga sepertinya mirip hari biasa. Tapi yang di pasar masih sepi. Mungkin karena takut," ungkap Amaludin, sekuriti yang bertugas di Stasiun Tanah Abang, Kamis (23/5/2019).

Aksi itu rupanya membuat pedagang Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat masih khawatir. Mereka pun memilih untuk tak membuka toko sementara waktu hingga situasi kondusif.

Salah satu pedagang, Suwandi mengatakan kemungkinan para pedagang baru akan membuka tokonya pada 25 Mei nanti. Meski ada sebagian yang memutuskan buka toko pada Jumat 24 Mei esok.

"Tidak ada surat edaran, dan pengelola sebenarnya menyerahkan ke pedagang untuk tetap buka atau tidak, tapi banyak pedagang yang memilih tutup dulu, kemungkinan sampai 25 Mei," jelas dia saat dikonfirmasi Liputan6.com, Kamis (23/5/2019).

Dia mengaku jika sebelumnya pedagang telah mengamankan barang dagangannya karena khawatir aksi demo berlanjut dengan adanya penjarahan, di mana Pasar Tanah Abang menjadi salah satu sasaran.

Hal lain yang membut pedagang masih menutup toko karena pengelola mengabarkan jika sepanjang jalan KH Wahid Hasyim akan dibersihkan dari sisa kotoran aksi pendemo.

 

5. KPU Masih Dijaga, Akses ke DPR Dialihkan

Menjelang demo 22 Mei 2019, pengamanan di sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diperketat. Kawat-kawat berduri mengelilingi dan menutup akses ke KPU. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Usai aksi 22 Mei, Kantor Pemilihan Umum (KPU) masih dijaga ketat kepolisian. Sejumlah kendaraan taktis Polri masih disiagakan di area KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Pantauan merdeka.com hingga pukul 10.19 WIB, di halaman KPU masih dipasang kawat berduri. Polisi masih berjaga di sekitar gedung KPU. Sementara itu, kondisi lalu lintas di sekitar kantor KPU terlihat padat dari Kuningan menuju Menteng, begitu juga sebaliknya.

Sementara itu, ruas jalan menuju Gedung DPR, MPR, dan DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, masih ditutup. Sampai saat ini ruas jalan menuju pintu masuk utama Kompleks Parlemen di Jalan Gatot Subroto.

Namun akses menuju pintu belakang Kompleks Parlemen di Jalan Gelora sudah mulai dibuka. Sayangnya, awak media masih belum diperkenankan masuk ke gedung parlemen itu.

Aparat Kepolisian yang sedang berjaga di kawasan tersebut, tidak mengetahui persis kapan akses jalan akan dibuka. Kata dia, pembukaan jalan nantinya diputuskan oleh pihak DPR, MPR dan DPD.

"Tapi yang kemungkinan buka tutupnya ini Adalah DPR dan MPR. Pengamanan terintegrasi mereka yang memutuskan kalau saya hanya yang mengalihkan jalan saja," kata salah satu petugas pengamanan yang enggan disebutkan namanya di Jalan Gatot Subroto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Pasukan Oranye Bersihkan Sisa Sampah Aksi 22 Mei, Penuh Perjuangan

Posted: 22 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi 22 Mei menyisakan beberapa kerusakan. Beberapa gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hingga fasilitas umum pun terpaksa ditutup. Selain itu, aksi unjuk rasa juga menodai area jalanan di Jakarta berupa bebatuan yang berserakan, bahkan kendaraan pribadi yang dibakar massa.

Alhasil, lokasi unjuk rasa aksi 22 Mei berujung berantakan akibat emosi massa yang meluap melawan aparat keamanan. Seperti diketahui, kericuhan yang terjadi sejak Rabu dini hari (22/5/2019) terjadi menyusul pengumuman hasil rekapitulasi Pilpres 2019.

Dari pengamatan, situasi dan kondisi jalan MH Thamrin dan sekitarnya pada Kamis (23/5/2019) pagi sudah kondusif. Meski demikian, area yang menjadi pusat aksi unjuk rasa masih ditutup guna berlangsungnya pemeliharaan jalan. Demi mengembalikan kondisi jalanan yang terdampak aksi unjuk rasa, Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) bersusah payah menjalankan tugas mereka membersihkan sisa-sisa kericuhan. Petugas yang biasa disebut pasukan oranye dengan sigap terjun ke lokasi unjuk rasa sejak pukul 7 pagi.

Hal ini mengundang perhatian masyarakat mengenai perjuangan pasukan oranye yang justru menjadi sosok yang bertanggungjawab mengembalikan kondisi jalanan seperti semula. Pasalnya, oknum di balik kericuhan justru melenggang pergi meninggalkan lokasi tanpa adanya tanggungjawab.

Lantas, sosok pasukan oranye kini menjadi perbincangan publik. Media sosial dipenuhi dengan opini apresiasi terhadap pasukan oranye yang harus membersihkan puing-puing sisa kericuhan. Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 7 potret perjuangan pasukan oranye saat membersihkan sisa kericuhan aksi 22 Mei, Kamis (23/5/2019).

1. Seorang petugas kebersihan tengah menyapu area di mana kawat duri beserta motor tergeletak di jalanan.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

2. Aspal jalanan yang tadinya bersih kini dipenuhi dengan puing-puing bangunan dan sampah.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

3. Pasukan oranye bergotong royong membersihkan aspal yang penuh dengan sampah plastik dan debu.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

4. Berbagai benda keras dan sampah terlihat berserakan di tengah jalan MH. Thamrin.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

5. Debu-debu tak dapat terelakkan akibat massa unjuk rasa yang meledakkan petasan dan kembang api.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

6. Rambu lalu lintas yang tergeletak menjadi bukti kericuhan yang memanas saat aksi 22 Mei.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

7. Petugas oranye mengumpulkan pagar pembatas berwarna hijau yang dirusak massa.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di MH. Thamrin. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbas Aksi 22 Mei, Plaza Indonesia Tutup hingga Jumat

Posted: 22 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Plaza Indonesia memutuskan untuk tutup hingga Jumat, 24 Mei 2019. Keputusan ini diambil guna mengantisipasi masih adanya aksi unjuk rasa yang berlangsung sejak 22 Mei kemarin.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, pertimbangan Plaza Indonesia untuk tutup dan menghentikan sementara operasionalnya lantaran adanya penutupan akses jalan di sekitar mal tersebut.

"Karena akses menuju area tersebut belum dibuka sepenuhnya dan masyarakat juga menahan diri untuk menuju ke Jalan MH Thamrin," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Kamis (23/5/2019).

 

Namun demikian, Plaza Indonesia rencananya akan kembali buka pada Sabtu, 25 Mei 2019. Diharapkan pada akhir pekan ini akses jalan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) sudah dibuka dan kembali normal sehingga masyarakat bisa datang ke mal tersebut.

"Plaza Indonesia tutup sampai Jumat dan Sabtu buka kembali," kata dia.

Sementara itu, untuk Grand Indonesia yang berlokasi di samping Plaza Indonesia hari ini tetap buka secara normal. Meski kemarin Grand Indonesia tutup lebih awal yaitu pukul 15.00 WIB.

"Hari ini Grand Indonesia buka," tandas dia.

 

Kondisi Mal Sarinah Usai Kerusuhan Aksi 22 Mei

Tulisan raksasa pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat rusak. (Ika Defianti/Liputan6.com)

Beberapa kerusakan terjadi di pertokoan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019) usai aksi 22 Mei. Beberapa kerusakan terjadi di gedung perbelanjaan modern pertama yang diresmikan tahun 1946 oleh Presiden Soekarno ini.

Dari pantauan di lokasi, beton konblok jalan di areal parkir Sarinah terlihat tercabut, tembok pondasi pertokoan dibobol, pot dipecahkan, bahkan pot permanen dan kamera CCTV sudah tidak pada posisinya.

Seorang petugas keamanan Gedung Sarinah Arnold (bukan nama sebenarnya) mengatakan dirinya tidak mengetahui siapa pelaku perusakan, namun dia menduga itu dilakukan oleh massa aksi 22 Mei.

"Saya tidak tahu itu, posisi saya di belakang tadi, tapi ini tadi kayaknya tadi pas kerusuhan soalnya sebelumnya baik semua kondisinya," kata Arnold.

Sementara Reja (bukan nama sebenarnya) mengatakan kemungkinan berbagai infrastruktur tersebut digunakan sebagai barang-barang untuk keperluan aksi massa yang berakhir rusuh tersebut.

"Tadi pot yang paten aja bisa diangkat dari pondasinya saya juga aneh kuat-kuat mereka," kata Reja seperti dikutip dari Antara.

Gedung pertokoan modern Sarinah, sejak Rabu (22/5/2019) pagi dalam keadaan tertutup dan tidak ada aktivitas.

Diketahui, bentrokan antara pihak kepolisian dengan massa aksi 22 Mei sudah terjadi sejak Rabu (22/5/2019) pukul 20.15 WIB. Bentrokan terjadi setelah pihak kepolisian berupaya membubarkan massa aksi yang masih bertahan di depan gedung Bawaslu.

Kini, Kamis dini hari kondisi di sekitar Bawaslu sudah cukup kondusif, namun massa masih terkonsentrasi di Jalan Agus Salim (Sabang) dan Wahid Hasyim arah Gondang Dia, serta sekitar 150 meter Jalan Wahid Hasyim arah Tanah Abang dari perempatan Sarinah.

Dampak Aksi 22 Mei, Jumlah Pengunjung Mal Turun

Petugas sedang berjaga di pusat perbelanjaan di kawasan glodok, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Penjagaan berkaitan dengan rencana massa yang akan menggelar aksi unjuk rasa pada 22 Mei 2019 usai pengumanan hasil Pemilu KPU. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Jumlah kunjungan ke pusat perbelanjaan dan mal di Jakarta mengalami penurunan pada hari ini. Hal tersebut merupakan dampak dari adanya aksi 22 Mei di sejumlah titik ibu kota.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, dari pantauannya hingga saat ini, jumlah kunjungan masyarakat ke ibu kota mengalami penurunan dibandingkan normal.

"Dari pantauan memang ada penurunan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Namun demikian, Ellen belum bisa memastikan seberapa besar penurunan kunjungan mal pada hari ini. Dia berharap kondisi di Jakarta segera pulih sehingga tidak sampai mengganggu kegiatan ekonomi.

"Angkanya (penurunannya) belum kami peroleh," kata dia.

Sementara untuk operasional mal, lanjut dia, hingga saat ini masih berjalan normal. Sebagai contoh, Mal Grand Indonesia yang berlokasi di sekitar Bundaran HI tetap buka seperti biasa.

"Belum ter-update (mal yang tutup). Tetapi Grand Indonesia buka. Itu yang dekat dengan pusat massa. Mereka masih buka," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shopee Liga 1: Persib Protes Jadwal Baru Kontra Tira Persikabo

Posted: 22 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung mengaku keberatan dengan jadwal baru pertandingan melawan PS Tira Persikabo dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 yang telah diumumkan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Sejatinya, duel Maung Bandung, sebutan Persib, kontra Tira Persikabo berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, hari ini, Kamis, 23 Mei 2019. Namun duel itu tak mendapat izin dari pihak kepolisian.

Alhasil melalui surat dengan nomor 145//LIB/V/2019 tanggal 19 Mei 2019, PT LIB memutuskan duel Persib kontra Tira Persikabo bakal berlangsung pada 18 Juni mendatang.

Namun, pihak Persib memutuskan untuk melayangkan protes terhadap keputusan PT LIB tersebut. Mereka meminta PT LIB selaku operator Shopee Liga 1 2019 mengkaji ulang penetapan tanggal pertandingan melawan Tira Persikabo.

"PT LIB selaku operator Liga 1 2019 kemudian mengirimkan surat balasan dengan nomor 145/LIB/V/2019 tentang Penetapan Jadwal Pertandingan Liga 1 2019 Persib Bandung vs Tira Persikabo pada tanggal 20 Mei. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa tanggal 18 Juni 2019 ditetapkan sebagai tanggal pertandingan antara Persib menjamu Tira Persikabo," demikian pernyataan resmi Persib di situs resminya.

 

Terlalu Mepet

Pemain Persib Bandung, Beckham Putra berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Persib dengan tegas menolak jadwal baru itu karena berdekatan dengan pertandingan melawan Arema. Ya, dua hari sebelum melawan Tira Persikabo, Persib akan menantang klub asal Jawa Timur tersebut.

Persib membalas surat PT LIB yang ditandatangani Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, tertanggal 20 Mei 2019 dan memohon agar PT LIB melakukan penjadwalan ulang terkait laga Persib vs TIRA Persikabo.

"PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) kemudian menyampaikan keberatan dengan penetapan tersebut dengan pertimbangan pemulihan fisik karena sesuai jadwal, dua hari sebelumnya, tanggal 16 Juni 2019, PERSIB akan melakukan pertandingan tandang melawan Arema. Surat bernomor 08/DIR-PBB/V/2019 yang ditandatangani Direktur PT PBB, Teddy Tjahjono, itu dikirimkan pada tanggal 20 Mei 2019," lanjut rilisan klub.

 

Siap Hadapi Semen Padang

Kendati demikian, Persib akan fokus menghadapi laga selanjutnya, yakni melawan Semen Padang. Pelatih Robert Alberts memberikan porsi latihan dengan intensitas cukup tinggi di bulan Ramadan kepada anak asuhnya.

"Tidak ada masalah, justru penting bagi pemain untuk menjaga ritme seperti ini jadi ketika Ramadan selesai mereka bisa kembali ke ritme seperti biasa dengan cepat. Dan pemain juga tetap merasa nyaman," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kericuhan 22 Mei Diatur di Masjid Sunda Kelapa

Posted: 22 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menetapkan 257 tersangka pelaku kericuhan dalam demonstrasi 22 Mei 2019. Polisi menyebut kericuhan diatur di Masjid Sunda Kelapa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RightsLedger Tawarkan Platform Permudah Kreator Lakukan Monetisasi

Posted: 22 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tren kreator konten tak dimungkiri tengah membanjiri era internet saat ini. Hal itu tidak lepas kehadiran beragam platform yang mendukung para kreator tersebut.

Namun, salah satu kendala yang masih dihadapi para kreator adalah monetisasi konten yang dibuatnya. Untuk itu, RightsLedger hadir dengan platform baru yang menawarkan keleluasaan bagi kreator untuk memonetisasi kontennya.

Sekadar informasi, RightsLedger merupakan perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Ray Young, sosok wirausaha yang lama berkecimpung di dunia film Hollywood selama 20 tahun.

Country Director RightsLedger Indonesia, Rio K. Liau, menuturkan ada tiga platform yang diperkenalkan RightLedger, yakni MILIO, MILSTAGE, dan MILDEALS. Ketiganya hadir dengan fungsi yang berbeda.

"MILIO lebih pada media sosial, Milstage merupakan platform streaming, sedangkan Mildeals merupakan e-commerce, tapi menjual konten," tuturnya konferensi pers di Jakarta, Selasa (21/5/2019), kemarin.

Kehadiran ketiga platform tersebut, menurut Rio, tidak lepas dari konten digital yang begitu beragam saat ini.

Alasannya, konten digital saat ini memiliki banyak arti, salah satunya telah menjadi kebutuhan konsumen. Tidak hanya itu, konten digital juga menjadi sarana menyalurkan hobi termasuk sebagai sumber pendapatan.

"Karenanya, RightsLedger hadir dengan membawa terobosan. Nanti, kreator yang akan bergabung dapat menentukan sendiri monetisasinya. Jadi, sharing economy untuk konten digital," tuturnya menjelaskan.

Menggunakan Teknologi Blockchain

Country Director RightsLedger Indonesia, Rio K. Liau (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Platform RightsLedger juga dibekali dengan teknologi blockchain. Melalui teknoloogi ini, kreator konten dapat merekam konten ke dalam jaringan blockchain sehingga data yang disimpan tidak dapat diubah atau dimodifikasi.

"Hal ini memberikan proteksi dan pembuktian atas kepemilikan konten tersebut. Kreator juga nanti akan mendaptkan blockchain receipt sebagai bukti kepemilikan," ujar Rio.

Penggunaan teknologi blockchain dimaksudkan agar tidak terjadi aksi menyalin konten tanpa izin. Dengan demikian, seorang kreator dapat mempunyai bukti otentik kepemilikan sebuah konten.

Rencananya, RightsLedger akan meluncurkan Milio terlebih dulu di Indonesia. Rio mengatakan aplikasi maupun web Milio akan mulai diluncurkan pada Juni tahun ini.

Berikan Rewards pada Penonton Iklan

Alasan Penulis Konten Digital Akan Jadi Profesi yang Menjanjikan

Tidak hanya untuk kreator konten, RightsLedger juga memberikan keuntungan bagi para penonton, terutama mereka yang menyaksikan iklan hingga selesai. 

"Penonton yang menonton iklan hingga selesai, akan mendapatkan token yang berfungsi seperti uang," ujaru Rio menjelaskan. 

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tubuh Langsung Ideal Sehabis Melahirkan, Ini Rahasia Nikita Mirzani

Posted: 22 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani beberapa waktu lalu telah melahirkan anak ketiga, Arkana Mawardi. Tak lama setelah melahirkan, Nikita Mirzani langsung kembali menjalani aktivitasnya di dunia hiburan.

Selain itu, yang paling menarik perhatian adalah penampilan Nikita Mirzani yang sama sekali tidak terlihat adanya perubahan setelah melahirkan. Bentuk tubuhnya masih tetap ideal seperti sediakala.

Nikita Mirzani pun menanggapi hal tersebut. Untuk mendapatkan hasil maksimal, rupanya memang harus ada biaya yang tidak sedikit. 

"Ya kan duit itu nggak bisa bohong say, kalau duitnya banyak ya gini hasilnya. Kalau duitnya sedikit-sedikit ya agak susah juga untuk kembali normalnya. Tapi dari dulu juga Niki nggak ada bakat gemuk," kata Nikita Mirzani, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (22/5/2019).

 

Lakukan Cara Tradisional

Ekspresi Nikita Mirzani saat difoto awak media di kawasan Jakarta, Selasa (27/3). Bahkan Nikita dikabarkan sudah cukup lama mengenal sosok Dipo meski baru menjalin hubungan dekat selama 7 bulan belakangan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di samping itu, Nikita Mirzani juga mengaku masih melakukan cara-cara tradisional setelah menikah. Menurutnya itu juga cukup ampuh untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula setelah melahirkan.

"Treatment ada tapi biasa aja. Niki kan dari dulu masih ngikutin budaya-budaya kuno. Masih pake bengkung yang dililit-lilit beneran, jadi itu dipake selama kurang lebih dua minggu makanya sekarang perutnya kenceng. Nih udah nggak pake bengkung lagi sekarang," aku Nikita Mirzani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Korban MH370: Ayahku Tak Membajak Pesawat Itu...

Posted: 22 May 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, London - Putri seorang penumpang penerbangan Malaysia Airlines MH370 yang celaka dilaporkan menolak tuduhan yang menyebut sang ayah terlibat dalam pembajakan pesawat yang hilang kontak.

Sergei Deineka, seorang mantan personil militer Ukraina, dituduh terlibat dalam hilangnya jet, The Sun melaporkan.

Diyakini ia meninggal di pesawat bersama 238 penumpang lain setelah MH370 terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014.

Pakar penerbangan CNN, Jeff Wise, telah menulis sebuah buku baru di mana dia mengatakan Deineka adalah bagian dari misi untuk membajak pesawat oleh Rusia sebelum diterbangkan ke Kazakhstan.

Dalam 'The Taking of MH370', Wise mengeksplorasi latar belakang tiga penumpang yang 'mencurigakan': Seorang Rusia dan dua Ukraina --salah satunya adalah Deineka.

Wise juga menerbitkan posting media sosial dari putri Deineka, Liza, yang mengatakan bahwa ayahnya "hidup, sehat" dan "untuk sementara dalam perjalanan yang tidak dijadwalkan" setelah hilangnya pesawat.

Liza menolak klaim Wise, mengatakan kepada The Daily Star Online bahwa dia belum mendengar kabar dari ayahnya sejak dia naik ke pesawat MH370.

"Buktinya (tak ada jasad) dia tidak mati (hilang), jadi yang bisa saya lakukan hanyalah berharap untuk yang terbaik. Saya sangat menyesal orang ingin mendiskusikan dan mengutuk perasaan orang yang sedang mengalami kehilangan anggota keluarga."

"Saya tidak setuju dengan banyak hal (dalam buku Wise). Dimulai dengan jawaban, berakhir dengan alasan mengapa ayah saya melakukan hal seperti itu. Mereka terbang ke Beijing dalam MH370 untuk mendapatkan visa."

"Tidak ada puing-puing pesawat yang ditemukan, jadi saya tidak yakin mereka jatuh. Yang bisa saya lakukan adalah berharap orang-orang bisa diselamatkan.

"Sayangnya, sejauh ini belum ada yang memberi kami informasi yang dapat dipercaya tentang apa yang terjadi pada pesawat dan orang-orang di dalamnya," kata Liza.

Awal Tuduhan Mencuat

Ilustrasi Malaysian Airlines MH370 (Joshua Paul / AP PHOTO)

Tuduhan itu muncul setelah sebuah posting media sosial di Sprashivai, sebuah situs forum Rusia dan situs jejaring sosial yang populer, mencuat setahun setelah kecelakaan MH370, serta bertepatan saat Liza merayakan ulang tahun ayahnya.

"Memahami bahwa ulang tahun Sergei Deineka adalah 26 Maret, membantu menempatkan temuan di Sprashivai dalam sebuah konteks," kata Wise dalam bukunya.

"Tak lama setelah tengah malam pada 26 Maret 2015, seseorang bertanya padanya: 'Apa rencanamu untuk besok?'"

"Dia menjawab: "Universitas, lalu DR. Dalam bahasa Rusia, DR adalah singkatan untuk 'den rozhdeniya' yang berarti ulang tahun."

"Kedengarannya dia berencana merayakan ulang tahun ayahnya - hal yang aneh, bagiku, jika dia dianggap mati selama lebih dari setahun."

"Pertanyaan lanjutan segera datang: 'Apakah Anda akan bersama besok?'"

"Liza menjawab dengan hati-hati: 'Saya mengamati siapa dirimu'."

"Lalu, malam itu, pada pukul 21.25, orang tersebut membicarakan masalah itu lagi: 'Bagaimana DR-nya?'"

"Liza menjawab: 'Aku tidak ingin membicarakan ini '."

Namun Wise mengatakan mungkin ada penjelasan yang lebih masuk akal selain indikasi bahwa Sergei Deineka masih hidup.

Penerbangan Malaysia Airlines MH370 menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia ketika menghilang tanpa jejak pada Maret 2014.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Sudah Siapkan Tim Hukum Hadapi Gugatan Peserta Pemilu di MK

Posted: 22 May 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah siap menghadapi gugatan para peserta pemilu terhadap hasil rekapitulasi suara pemilu 2019. Komisoner KPU Viryan Aziz menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan tim hukum beserta segala dokumen terkait dengan Pemilu 2019.

"KPU sejak tanggal 21 Mei langsung merapikan, menghimpun berbagai dokumen dan siap menghadapi gugatan di MK. Sekaligus KPU sudah merampungkan tim hukum yang nanti akan bertugas untuk sengketa di MK," kata Viryan di Kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Terkait siapa saja yang akan menjadi tim hukum, Viryan belum mau merinci. Dia menjelaskan Ketua KPU Arief Budiman akan mengumumkan siapa saja yang akan menjadi tim hukum.

"Sudah ada namanya. Nanti disampaikan ketua," kata Viryan.

Paling Lambat Besok

Diketahui Jumat (23/5/2019) besok adalah batas akhir para peserta legislatif mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Hal tersebut merujuk pada Pasal 474 dan Pasal 475 Undang-Undang Pemilu.

Pasal itu menjelaskan peserta pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD mengajukan permohonan kepada MK paling lambat 3x24 jam sejak diumumkan penetapan perolehan suara.

Sedangkan peserta pilpres mengajukan keberatan kepada MK, 3 hari setelah penetapan hasil pemilu Presiden dan wakil Presiden di KPU.

"Kalau yang pileg dini hari besok, pukul 1.46 WIB, Sementara kalau Pilpres 3 hari kerja, tanggal 24 nah jamnya jam berapa itu bisa dikonfirmasi ke ketua MK, karena kan yang menetapkan 3 hari itu," kata Viryan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hingga Pukul 12.00 WIB, Jakarta Bersih dari Demonstrasi

Posted: 22 May 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua hari berturut-turut beberapa titik di Jakarta diwarnai demonstrasi yajg berakhir rusuh. Ribuan aparat gabungan berjaga melokalisir bentrok dengan demonstran tidak meluas. Meski demikian, beberapa kerusakan fasilitas umum tidak terelakan.

Pantauan Liputan6.com dari Bundarah HI jalanan masih terpantau lengang dan dijadikan objek swafoto pejalan kaki. Meski demikian penjagaan ketat masih diberlakukan oleh aparat gabungan.

Sebagian polisi berjaga, sebagian lainnya memilih beristirahat di badan jalan sembari menghindari panas matahari. Namun, meski bersantai mereka tidak jauh dari helm dan tameng untuk mengadang demonstrans yang mengamuk.

Tidak jauh dari mereka, beberapa unit truk pengangkut personel berjajar rapih di dekat kantor Bawaslu.

Sementara di Jalan Wahid Hasyim arah Sabang masih ditutup. Beberapa fasilitas umum seperti Pos Polisi di Wahid Hasyim, sebelah Restoran Garuda, hancur diamuk massa.

Terlihat puing-puing bangunan yang dibakar massa. Barikade kawat duri masih terbentang dari Sarinah ke Bawaslu.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) atau Pasukan Oranye membersihkan sisa puing-puing pasca kerusuhan di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Kamis (23/5/2019). Kerusuhan massa yang sebelumnya berdemo di depan gedung Bawaslu melebar ke Jalan Wahid Hasyim. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara di Tanah Abang, kawasan yang sempat lumpuh karena bentrok perusuh dengan aparat, perlahan kembali normal.

Di stasiun Tanah Abang terpantau masyarakat sudah kembali menggunakan moda transportasi KRL. Stasiun itu sempat berhenti beroperasi saat kerusuhan pecah antara aparat dengan perusuh di Jalan Jati Baru.

"Udah aman ini mba kata Pak Petugas (kereta)," kata Martani salah satu penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang, Kamis (23/5/2019).

Tidak hanya stasiun, geliat PKL, angkot hingga ojol juga sudah ramai mengelilingi stasiun Tanah Abang. Meski belum sepadat biasanya, namun pedagang bersyukur sudah bisa kembali berjualan.

"Enak gini bisa jualan kita, gak usah bakar-bakar (rusuh)," kata Andi PKL yang berjualan kaos kaki

 

Kondisi Jalan Jati Baru

Kawasan Jl Jati Baru, Tanah Abang kembali normal usai bentrok massa dengan aparat, Rabu (22/5/2019) kemarin.

Andi mengaku kemarin sempat menggelar lapak kaos kaki sebelum kerusuhan kemarin, namun tiba-tiba Polisi memintanya pindah lantaran ada pendemo yang rusuh.

"Katanya pindah pak, nanti kena, pindah dulu," cerita Andi

Sementara itu, sisa kerusuhan masih ada di sekitar jalan Jati Baru Barat, bekas pembakaran di jalan berwarna hitam, polisi dan tentara juga masih menjaga dan menutup akses jalan itu.

Meski demikian para ojol tetap santai menunggu penumpang di depan akses jalan yang ditutup itu.

"Kemarin dicopotin plang (nama jalan), itu tuh," kata seorang pengendara Ojol

Hingga kini, plang nama Jalan Jati Baru belum terpasang. pagar-pagar pembatas jalan yang dirusak perusuh juga nampak masih bolong-bolong, namun geliat Tanah Abang kembali ramai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapan Akses WhatsApp, Instagram, dan Facebook Kembali Normal? Ini Kata Menkominfo

Posted: 22 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diketahui, pemerintah membatasi sejumlah fitur aplikasi pesan instan WhatsApp dan media sosial seperti Instagram dan Facebook, sejak Rabu (22/5/2019) kemarin.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari provokasi dan penyebaran berita bohong (hoaks) di tengah aksi 22 Mei, agar tak mengundang kericuhan.

Lalu, kapan pemerintah akan mencabut pembatasan akses dan fitur pada WhatsApp Cs?

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara belum menginfornasikan secara detail kapan pemerintah akan mencabut pembatasan fitur pada aplikasi pesan dan media sosial.

Ia hanya mengatakan fitur media sosial maupun aplikasi pesan instan akan kembali normal ketika situasi sudah tenang.

"Kita sama-sama berdoa agar situasi segera pulih sehingga semua fitur media sosial maupun instant messaging (WhatsApp) bisa difungsikan kembali," kata Rudiantara kepada Tekno Liputan6.com via pesan singkat, Kamis (23/5/2019).

 

 

Alasan Pemerintah Batasi Fitur Kirim Foto dan Video di WhatsApp

Menkominfo Rudiantara. Liputan6.com/Andina Librianty

Keluhan mengenai errornya media sosial WhatsApp dan Instagram di sejumlah wilayah di Indonesia, terutama Jakarta, menarik perhatian banyak pihak.

Belakangan diketahui, beberapa fitur media sosial seperti download dan upload media (foto dan video) di WhatsApp memang sengaja dibatasi siang hari ini.

Hal ini berkaitan dengan adanya aksi unjuk rasa 22 Mei yang dilakukan sekelompok massa di depan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan pembatasan fitur download dan upload media dilakukan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan aksi unjuk rasa.

"Di media sosial dan messaging system, kadang kita posting gambar, video itu viralnya cepat dan secara emosional langsung berdampak pada kita. Oleh karenanya kita non aktifkan fitur (gambar dan video)," ungkapnya di Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Sebelumnya, sejumlah pengguna WhatsApp mengeluhkan sulitnya mengirim dan menerima gambar di media sosial tersebut. Pun sama halnya dengan Instagram yang sempat sulit diakses siang hari ini.

Setelah dicek di situs web downdetector.com, gangguan terjadi di hampir seluruh kota besar di pulau Jawa, meliputi Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Salatiga, Yogyakarta, Surabaya, Pasuruan dan Malang. Jakarta menjadi kota terparah yang mengalami gangguan tersebut.

Tangkal Provokasi Aksi Massa

Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Freepik

Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, akan membatasi akses media sosial di wilayah tertentu. Hal ini terkait dengan tindakan massa yang melakukan aksi kerusuhan pada 22 Mei 2019.

"Untuk menghindari provokasi dan berita bohong (hoaks), kami akan melakukan pembatasan akses media sosial. Sejumlah fitur di media sosial akan ditidakaktifkan untuk menjaga hal negatif yang terus disebarkan sejumlah masyarakat," kata Wiranto dalam jumpa pers di Gedung Kemenko Polhukam, Rabu (22/5/2019).

Di sisi lain, Wiranto mengatakan kalau negara tidak boleh kalah dengan aksi jahat semacam ini.

"Negara tidak boleh kalah dengan aksi jahat semacam ini. Negara harus melindungi segala bangsa, warga negara tumah darah Indonesisa," ucap Wiranto menambahkan.

Jangan Sampai Diadu Domba

Demonstran di Bawaslu saling dorong dengan petugas kepolisian. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Wiranto mengatakan, pemerintah ingin supaya masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat dan sebenar-benarnya. "Jangan sampai kita diadu domba sehingga persaudaraan di bulan suci Ramadan terpengaruh," kata dia.

Wiranto mengatakan, saat demo, aparat keamanan sudah diinstruksikan tidak bersejata api. Aparat menggunakan perisai dan pentungan menghadapi massa.

"Bukan senjata api. tidak mungkin aparat keamanan membunuh rakyat. Korban jatuh pada rakyat dinamakan perusuh karena menyerang pos polisi, asrama, membuat kacau. Itu adalah preman berbayar bertato dan dijelaskan kapolri," kata Wiranto.

Wiranto mengatakan, jangan sampai, korban dilemparkan ke masyarakat seakan akan pemerintah sewenang wenang dan diktator. Bukan, jangan sampai kita terkecoh hasutan itu," kata dia.

Dia pun mengatakan, setelah melakukan investigasi, kesimpulannya ada niatan skenario untuk membuat kekacauan dengan membuat antipati kepada pemerintah yang sah dan membangun kebencian kepada pemerintah.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zaskia Sungkar Bersyukur Irwansyah Tak Menuntut Momongan

Posted: 22 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hingga delapan tahun usia pernikahan, Zaskia Sungkar dan Irwansyah belum memiliki momongan. Meski begitu, hati Zaskia tetap dipenuhi rasa syukur karena memiliki suami sebaik Irwansyah.

"Alhamdulillah banget jangan sampai Allah cabut nikmatnya. Dikasih suami yang Masyaallahbaiknya, rumah tangga yang adem ayem Insyaallah," tutur Zaskia Sungkar di GOR Soemantri, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).

Zaskia Sungkar juga bersyukur karena masih bisa melalui Ramadan tahun ini bersama suami tercintanya, meski belum ada buah hati yang melengkapi kebahagiaan mereka.

"Aku kan cuma berdua sama Irwan ya, terus sampai hari ini memang niatnya (punya anak) belum tercapai," ucap Zaskia Sungkar.

"Aku kayak gini aja sudah delapan tahun nikah ya begini saja. Tapi disyukuri alhamdulillah indah, nikmatnya," sambung kakak kandung Shireen Sungkar tersebut.

Lebih lanjut, agar niatnya untuk memiliki anak tercapai, Zaskia Sungkar berharap diberi keyakinan yang kuat untuk mengikuti program kehamilan.

"Belum (ikhtiar) belum ada. InsyaAllah doain, hatinya dibulatkan untuk ikhtiar lebih baik lagi," ia menandaskan.

Sementara itu, Zaskia Sungkar sendiri sempat mengutarakan niatnya untuk menjalani program bayi tabung. Keinginan ini tercetus setelah ia mendengar saran dari sahabat juga keluarganya.

"Insyaallah. Doain saja ya mudah-mudahan istikamah. Akhirnya bismillah. Aku juga sudah ngomong sama Irwan, 'Gimana nih apa sudah waktunya ya'. Suami aku mah alhamdulillah nyantai banget," paparnya kala itu. (Zulfa Ayu Sundari)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdampak Aksi 22 Mei, Industri Tekstil Tengah Hitung Kerugian

Posted: 22 May 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan bahwa industri tekstil tengah menghitung kerugian materil akibat aksi massa yang terjadi pada 21-22 Mei 2019. Pengiriman barang atau produk tekstil sempat terhambat karena ada aksi massa tersebut.

"Pasti ada (dampak), ya kerugian materil karena tidak bisa kirim barang. Kami belum menghitung berapa," kata Ade seperti dikutip dari Antara, Kamis (23/5/2019).

Dampak dari terhambatnya pengiriman barang tersebut adalah stok yang menumpuk di gudang, mengingat pengiriman barang dilakukan industri setiap hari.

Namun, kondisi tersebut diyakini hanya bersifat sementara, sehingga kerugian tidak akan terjadi berkepanjangan.

Ade berharap situasi semakin tertib dan aman, sehingga aktivitas industri dan perdagangan dapat kembali normal usai aksi 22 Mei.

Industri tekstil dan pakaian jadi merupakan salah satu unggulan industri nasional yang pertumbuhannya paling tinggi hingga mencapai 18,98 persen pada kuartal I 2019.

Jumlah itu naik signifikan dibanding periode yang sama tahun lalu di angka 7,46 persen dan juga meningkat dari perolehan selama 2018 sebesar 8,73 persen.

 

Dampak Aksi 22 Mei, Sejumlah Rute Transjakarta Dialihkan

Suasana saat antrian Bus Trans-Jakarta bersiap untuk mengangkut penumpang di Halte Harmoni, Jakarta, Kamis (1/12). Menurut Budi, saat aksi massa terjadi, Transjakarta akan berupaya melakukan pengalihan jaringan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Masyarakat Jakarta saat ini tetap dapat menikmati layanan Transjakarta, meskipun beberapa rute dialihkan setelah kerusuhan 22 Mei kemarin.

"Kami secara terus menerus memantau setiap perkembangan. Masyarakat tetap bisa gunakan," kata Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono di Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019).

Agung merinci, layanan Transjakarta sebagian masih dialihkan seperti Blok M-Kota (Koridor 1), Senen-Bundaran Senayan (1P), Kalideres-Bundaran Senayan (3F), Grogol-TU GAS (4A) dan Bundaran Senayan- TU GAS (4C).

Kemudian Kampung Melayu – Grogol (5A), Ragunan-Monas via Kuningan (6A), Pinang Ranti-Pluit (Koridor 9), Kebayoran Lama-Grogol (9E) dan Poris-Bundaran Senayan (T11).

Selain itu, sejumlah rute mengalami perpendekan, antara lain Tanah Abang-Batusari (8K), Tanah Abang- Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang-Senen (1R), Tanah Abang-Melayu (5F), Tanah Abang- Blok M (1N), Tanah Abang-Pasar Minggu (9D) dan Tanah Abang-Pondok Cabe (S41).

Sedangkan sejumlah layanan Transjakarta yang berhenti beroperasi usai aksi 22 Mei 2019, yakni angkutan mikro di Kawasan Tanah Abang, Stasiun Palmerah-Tosari (1B), Tanah Abang-Kebayoran (8C), Tanah Abang-Dukuh Atas (DA2), Harmoni-Bundaran Senayan (GR1), Tanah Abang Explorer (GR2) dan Bus Wisata.

"Penyesuaian layanan Transjakarta bersifat situasional. Bus Transjakarta akan beroperasi setelah pihak berwenang memutuskan situasi kondusif," kata Agung seperti dikutip dari Antara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sisa Gas Air Mata Aksi 22 Mei Ganggu Pemotor di Jalan KS Tubun

Posted: 22 May 2019 10:12 PM PDT

Seorang warga membasuh wajahnya usai mengalami mata perih saat melintas di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seorang warga membasuh wajahnya usai mengalami mata perih saat melintas di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara motor berhenti saat melintas di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara motor berhenti saat melintas di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat membagikan masker dan pasta gigi kepada pengendara motor di Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat membagikan masker dan pasta gigi kepada pengendara motor di Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat membagikan masker dan pasta gigi kepada pengendara motor di Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat membagikan masker dan pasta gigi kepada pengendara motor di Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara motor mengoleskan pasta gigi ke wajahnya saat melintasi Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Petugas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat membagikan pasta gigi untuk mengurangi efek gas air mata yang digunakan untuk membubarkan massa aksi 22 Mei. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pengendara motor mengoleskan pasta gigi ke wajahnya saat melintasi Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Petugas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat membagikan pasta gigi untuk mengurangi efek gas air mata yang digunakan untuk membubarkan massa aksi 22 Mei. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat membagikan masker dan pasta gigi kepada pengendara motor di Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Sudin Bina Marga Jakarta Barat membagikan masker dan pasta gigi kepada pengendara motor di Jalan KS Tubun, Petamburan, Kamis (23/5/2019). Sisa gas air mata untuk membubarkan massa dalam kericuhan aksi 22 Mei masih terasa dan mengganggu aktvitas pengguna jalan (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen Kebersamaan Ustaz Arifin Ilham dengan Ketiga Istrinya, Rukun dan Harmonis

Posted: 22 May 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seperti diketahui, sejak tahun lalu ustaz Arifin Ilham berjuang melawan sakit kanker kelenjar getah bening dan kanker nasofaring. Ia sempat menjalani perawatan intensif di RSCM, Jakarta dan di Penang, Malaysia. Namun pemilik Pondok Pesantren Az-Zikra tersebut telah berpulang. Kabar ini diungkapkan oleh sang anak, Muhammad Alvin Faiz, Rabu (22/5).

Alvin menginformasikan hal tersebut melalui akun instagramnya. "Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham. Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulisnya, Rabu (22/5/2019) malam.

Tidak hanya Alvin Faiz, istri dari ustaz Arifin Ilham juga memberikan kabar tentang wafatnya dai kondang tersebut. Dalam unggahanya tersebut  "Innalilahi wa Inna ilaihi Raji'un....selamat jalan suami sholehku selamat bertemu dengan Allah, semoga ka Arifin Husnul khatimah .aamiin".

Selama menjalani proses penyembuhan penyakit kelenjar getah bening, keluarga pun setia menemani ustaz Arifin Ilham termasuk ketiga istrinya. Selama Ustaz Arifin Ilham menjalani perawatan, ketiga istrinya selalu setia mendampingi beliau. Ustaz Arifin Ilham dan istrinya memang sudah dikenal memiliki keluarga yang harmonis.

Berikut Liputan6.com rangkum 5 momen kebersamaan ustaz Arifin Ilham dengan ketiga istrinya yang rukun dan harmonis, Kamis (23/5/2019).

5. Momen kebersamaan Ustaz Arifin dengan ketiga istrinya.

View this post on Instagram

❤️Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu. SubhanAllah sahabat sholehku, sungguh Islam mengajarkan umatnya supaya pernikahan itu dipublikasikan.  Rasulullah saw bersabda, "A'linuu haadzan-nikaaha waj-'aluuhu fi'l-masaajidi wadh-ribuu 'alaihid-dufuufa (umumkanlah pernikahan, selenggarakanlah di masjid dan bunyikanlah  tetabuhan)" (HR Ahmad dan Tirmidzi). Rasulullah saw bersabda, "Kumandangkanlah pernikahan dan rahasiakanlah peminangan" (HR Ummu Salamah ra). Sebaliknya sembunyi sembunyi bukan hanya jauh dari sunnah apalagi syiar, malah justru menimbulkan mudhorot besar dan banyak fitnahnya. Padahal dia berjalan dg istrinya difitnah berzina. Jelas salah yg memfitnah tetapi juga salah yg tidak mengumumkan pernikahannya karena membuka peluang fitnah. Da'wah terbaik bukan hanya memberi contoh tetapi menjadi contoh nyata.  Rasulullah menggendong sayyidah Aisyah saat menyaksikan perlombaan kuda, mengangkat sayyidah Shofiyyah naik onta dan banyak lagi kisah indah Rasulullah. Dari Zaid bin Tsabit, ia berkata tentang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam : "Beliau orang yang suka bercanda dg istrinya" (HR Bukhari) Jelas ini tontonan terindah bagi para sahabat yg menyaksikan ini, tetapi menjadi TUNTUNAN da'wah dan uswah hasanah terindah bersikap terbaik kepada keluarga dihadapan umat. Tontonan pun berubah menjadi tuntunan mulia Apalagi da'wah di era media sosial benar benar tantangan besar bukan lagi "katanya atau kisahnya saja, mana buktinya?!" Karena itulah dibutuhkan bukti contoh nyata bahwa SYARIAT ALLAH itu memang sangat MEMBAHAGIAKAN bagi hamba hamba yg beriman kepada Nya dan RasulNya. Jangan bermesraan bercumbu rayu dipublikasikan, jelas ini sangat memalukan, tetapi kebahagiaan, kebersamaan dan pendidikan yg menjadi contoh kebaikan hidup berumah tangga. Khusus untuk poligami hanya bagi yg mampu dg SYARAT SYARAT yg sangat berat, terutama kesiapan istri pertama dan keluarga, kalau tidak siap dan tidak mampu melakukannya, malah berakibat hancurnya bahtera rumah tangga, "untuk apa poligami kalau hanya berakhir dg hancurnya rumah tangga", maka bersabarlah dan berbahagialah dg CUKUP SATU ISTRI SAJA❤️

A post shared by Yuni_Djamaluddin_Waly (@yuni_syahla_aceh) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerusuhan 22 Mei Reda, Situasi Stasiun Tanah Abang Berangsur Normal

Posted: 22 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kerusuhan sempat terjadi di sekitar Stasiun Tanah Abang, Jakarta, pada Rabu 22 Mei. Kini, situasi sudah mulai kondusif dan geliat ekonomi di Tanah Abang berangsur normal.

Di stasiun Tanah Abang terpantau masyarakat sudah kembali menggunakan moda transportasi KRL. Stasiun itu sempat berhenti beroperasi saat kerusuhan pecah antara aparat dengan perusuh di Jalan Jati Baru.

"Sudah aman ini mba kata Pak Petugas (kereta)," kata Martani salah satu penumpang KRL di Stasiun Tanah Abang, Kamis (23/5/2019).

Tidak hanya penumpang KRL, pedagang kaki lima (PKL), angkot hingga ojek online juga sudah ramai mengelilingi stasiun Tanah Abang. Meski belum sepadat biasanya, namun pedagang bersyukur sudah bisa kembali berjualan.

"Enak gini bisa jualan kita, enggak usah bakar-bakar (rusuh)," kata Andi PKL yang berjualan kaos kaki.

Andi mengaku kemarin sempat menggelar lapak kaos kaki sebelum kerusuhan kemarin. Namun tiba-tiba Polisi memintanya pindah lantaran ada perusuh. "Katanya pindah pak, nanti kena, pindah dulu," ungkap Andi.

 

Sisa Kerusuhan

Sementara itu, sisa kerusuhan masih ada di sekitar jalan Jati Baru Barat. Bekas pembakaran di jalan berwarna hitam, polisi, dan tentara juga masih menjaga dan menutup akses jalan itu.

Meski begitu, para driver ojek online tetap santai menunggu penumpang di depan akses jalan yang ditutup itu. "Kemarin dicopotin plang (nama jalan), itu tuh," kata seorang pengemudi ojek online.

Hingga kini, plang nama Jalan Jati Baru belum terpasang. Pagar-pagar pembatas jalan yang dirusak perusuh juga nampak masih bolong-bolong, namun geliat Tanah Abang kembali ramai.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vladimir Putin Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Jokowi di Pilpres 2019

Posted: 22 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Moskow - Ucapan selamat atas terpilihanya Joko Widodo (Jokowi) dalam pilpres 2019 juga datang dari pemimpin Negeri Beruang Merah.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan tersebut kepada Jokowi yang kembali terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

Menurut Vladimir Putin, Jokowi merupakan pemimpin negara yang mempunyai prinsip pengembangan hubungan persahabatan terhadap sejumlah negara, termasuk Rusia.

Atas hal tersebut, hubungan antara Rusia dan Indonesia dikatakan Putin selalu berkembang dalam segala bidang.

"Sebagai kepala negara, Jokowi membantu memperluas kerja sama Rusia-Indonesia di berbagai bidang sebagai mitra. Seperti kerjasama dalam menangani masalah topikal di Wilayah Asia-Pasifik," ujar Putin seperti dikutip dari laman en.kremlin.ru, Kamis (23/5/2019).

Presiden Rusia menegaskan kembali kesiapannya untuk melanjutkan dialog konstruktif dan kerja sama untuk kepentingan rakyat Rusia dan Indonesia.

Ucapan Selamat dari Tokoh Dunia Lainnya

Ucapan Selamat juga mengalir dari sejumlah pemimpin dunia lain. Salah satunya adalah Perdana Menteri Australia.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison, yang baru terpilih kembali lewat pemilu akhir pekan lalu, merupakan salah satu pemimpin pertama di dunia yang menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi.

PM Australia menyebut Indonesia sebagai "salah satu negara yang memiliki hubungan strategis dan paling penting bagi Australia."

Ditambahkannya, betapa Australia "ingin memperdalam hubungan antara Australia dan Indonesia pada seluruh kepentingan bersama."

Ucapan Selamat dari Narenda Modi

Presiden Joko Widodo dan PM India Narendra Modi berjalan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (30/5). Kunjungan membahas kerja sama antara kedua negara serta untuk menyambut 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemimpin dunia lain yang juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi adalah Perdana Menteri India Narenda Modi.

"Selamat yang sebesar-besarnya kepada @Jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi besar, kami bangga atas keberhasilan perayaan demokrasi. Kami berharap Anda dan rakyat

"Indonesia semua sukses di bawah kepemimpinan dinamis Anda."

Narenda Modi juga sedang menantikan hasil pemilu minggu lalu, yang akan diumumkan Kamis 23 Mei 2019. Sejumlah exit poll menunjukkan Partai Hindu Bharatiya Janata pimpinan Modi akan menang, tetapi belum ada kepastian apakah partai itu dapat menguasai kursi mayoritas.

PM Malaysia - Mahathir Mohamad

Mahatir Muhammad, saat menghadirkan acara Simposium Internasional Orbicom Unesco di Jakarta.

 

Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad pun turut menyampaikan selamat.

"Tahniah kepada Bapak @Jokowi atas kemenangan secara resmi sebagai Presiden Republik Indonesia. Saya berharap kerja sama antara dua negara akan semakin erat selepas ini," cuitnya di Twitter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasaki KLX 230 Resmi Meluncur, Bagaimana Nasib KLX 250?

Posted: 22 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kawasaki KLX 230 resmi diluncurkan oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) di Jakarta Fair Kemayoran, Rabu (22/5). Dengan demikian, KLX 230 jadi satu jenis baru di jajaran KLX setelah dulu hanya diisi 150 cc dan 250 cc.

Apakah lantas KLX 230 menjadi pengganti KLX 250? Pertanyaan ini sempat muncul selepas pameran, apalagi pasar KLX 150 secara jumlah kontras jika dibandingkan dengan pasar KLX 250.

Namun rupanya, KMI sejauh ini belum punya niat untuk menyuntik mati KLX 250. Head of Marketing PT Kawasaki Motor Indonesia Michael Tjandra Tanadi pun menjawab pertanyaan tersebut.

"Tetap ada, sebab dia (KLX 250) sedikit berbeda (jika dibandingkan dengan KLX 230 yang baru saja diluncurkan)," tambahnya.

 

Perbedaan

Perbedaan tersebut terletak pada sistem pendinginan mesin. Sebab sekalipun secara cc KLX 230 mendekati KLX 250, trail terbaru itu masih mengandalkan sistem pendinginan langsung udara.

"(Kalau KLX 250) pendinginnya sudah liquid cooled radiator. Jadi ada pembeda," tambahnya.

KLX 230 sengaja diciptakan dan dikembangkan untuk pasar Indonesia. Motor ini pun diposisikan berada di tengah-tengah antara KLX 150 dan KLX 250 dan cuma ada di Indonesia.

KLX 230 hadir dalam dua varian, yakni versi standar dan spesial edition (SE). Untuk tipe standar dibanderol Rp39,9 juta dan varian SE Rp42,3 juta. Warna yang ditawarkan mencakup Lime Green.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Fair Kemayoran 2019 Hadir 40 Hari, Ada Pameran Multiproduk hingga Panggung Musik

Posted: 22 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Fair Kemayoran kembali digelar tahun ini selama 40 hari. Ajang pameran multiproduk terbesar di kawasan Asia Tenggara itu dibuka mulai 22 Mei hingga 30 Juni 2019 mendatang.

Karena bertepatan dengan suasana Ramadan dan libur Hari Raya Idul Fitri, ajang pameran ini diharapkan dapat menjadi destinasi wisata libur lebaran bagi warga. Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, penyelenggara menyiapkan beragam konten acara guna menghibur pengunjung.

Pada gelaran tahun ini, pameran multiproduk akan menghadirkan berbagai sektor industri seperti otomotif, teknologi, elektronik, olahraga, fashion and garmen, peralatan rumah tangga, furnitur, kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan, herbal dan obat-obatan, perbankan, produk jasa, kosmetik, dan lainnya.

Berbagai hiburan seru lainnya disiapkan oleh panitia penyelenggara dalam menyukseskan gelaran Jakarta Fair Kemayoran yang ke-52 ini. Beberapa di antaranya, yaitu Parade Karnaval, Panggung Gambir Expo, Kontes Miss Jakarta Fair, Cosplay Contest, Barongsai Night, hingga area Snow Park dan taman lampion yang siap menghibur para pengunjung Jakarta Fair.

Penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran dari tahun ke tahun merupakan hasil kerja sama PT. Jakarta International Expo (JIExpo) selaku penyelenggara, bersama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ajang ini secara khusus digelar guna memperingati sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta yang menginjak usia ke-492 pada tahun ini.

 

Penuh Bintang

Jakarta Fair Kemayoran 2019 diharapkan menjadi destinasi wisata saat libur lebaran nanti. (dok. Jakarta Fair Kemayoran/Dinny Mutiah)

Tak lengkap semarak Jakarta Fair Kemayoran tanpa konser musik yang digelar di panggung utama setiap hari. Tahun ini, musisi yang sedang naik daun, yakni Wahyu Selow, dipercaya sebagai musisi pertama yang membuka perayaan.

Keesokan harinya, Souljah akan mengguncang panggung konser musik JFK, dilanjut Padi Reborn pada 24 Mei 2019, Tony Q pada 25 Mei 2019, dan Fiersa Besari pada tanggal 26 Mei 2019. Selain mereka, masih ada musisi ternama lainnya, seperti Slank, Sheila On 7, Superman is Dead, Maliq & D'essentials, dan Ayu Tingting.

Selain konser musik, para pengunjung juga bisa menyantap kuliner di berbagai zona kuliner yang tersebar di berbagai area Jakarta Fair seperti area Pasar Malam, menyantap makanan khas nusantara di Pucuk Kuliner Ramdhani, dan mencicipi hidangan khas Betawi di area Kampung Betawi. Bagi para pengunjung yang berpuasa juga akan disediakan takjil gratis setiap hari selama Ramadan.

Menjelang hari raya lebaran, yakni pada 30 Mei hingga 3 Juni 2019, Jakarta Fair dibuka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. Pada hari H lebaran, ajang ini juga tetap akan dibuka untuk umum yakni mulai pukul 14.00 dan tutup pada pukul 23.00 WIB. Pada masa libur lebaran, yakni mulai 6 hingga 9 Juni 2019, akan dibuka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuhi Kebutuhan Uang Tunai Selama Lebaran, BRI Siapkan Rp 48,2 Triliun

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Uang tunai sebanyak Rp 48,2 triliun disiapkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI untuk memenuhi kebutuhan nasabah selama libur lebaran. Uang tersebut akan didistribusikan per harinya sebanyak Rp 4 Triliun.

Bank BRI juga fokus meningkatkan layanan keuangan non tunai pada periode mudik lebaran tahun ini. Transaksi non tunai, E-channel dan berbagai layanan disiapkan agar nasabah nyaman bertransaksi secara cashless.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, Osbal Saragi di kantornya, Selasa (21/5).

"Pada momen lebaran tahun ini kami mengajak masyarakat untuk semakin gencar bertransaksi menggunakan e-banking dan uang elektronik milik Bank BRI yakni BRIZZI. Terbukti masyarakat semakin sadar untuk menggunakan uang elektronik/secara non tunai karena lebih aman dan praktis," kata dia.

Dia mengungkapkan hingga April 2019 jumlah kartu BRIZZI tumbuh sebesar 34 persen year on year (YoY) yakni menjadi sebanyak 13,3 juta dibandingkan pada April 2018 sebesar 9,9 juta. Transaksi penggunaan BRIZZI pun tumbuh sebesar 237 persen YoY yakni sebanyak 251,9 juta dibandingkan pada April 2018 sebanyak 74,8 juta.

"Untuk keperluan mudik, nasabah BRI bisa menggunakan uang elektronik BRIZZI yang kini sudah dapat dipakai di semua ruas jalan tol," ujarnya.

Adapun transaksi cashless bisa dilakukan dengan menggunakan e-banking BRI, diantaranya Internet Banking, BRImo, SMS Banking dan Mobile Banking. Misalnya membeli tiket mudik dan pulang, beli pulsa, memberi uang saku lebaran, belanja online, membayar tagihan dan lain-lain. Masyarakat juga dapat memanfaatkan jasa agen BRILink, yang saat ini berjumlah lebih dari 408 ribu.

Namun, Osbal juga memastikan transaksi tarik tunai tetap bisa dilakukan dengan nyaman di 25.293 ATM atau CRM BRI di seluruh Indonesia dan/atau melalui Agen BRILink yang tersebar di tiap daerah. Selama libur lebaran nasabah tetap dapat menikmati layanan Bank BRI baik melalui e-channel maupun di Unit Kerja Operasional (UKO).

"Sebanyak 462 UKO telah disiapkan selama libur lebaran, 229 UKO diantaranya memberikan layanan operasional terbatas pada tanggal 3, 4, 6 dan 7 Juni 2019. Bank BRI juga memberikan layanan Weekend Banking di 147 UKO di seluruh Indonesia pada tanggal 1, 2, 8 dan 9 Juni 2019," tutupnya.

Selain itu, untuk memudahkan masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran, Bank BRI menyiapkan Posko Mudik di 41 titik lokasi di seluruh Indonesia. Pada posko yang akan dibuka dari H-7 tersebut, masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan, memanfaatkan layanan e-channel BRI (ATM dan CRM), layanan kesehatan ringan (cek tensi darah dan P3K), informasi produk BRI serta hiburan.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

Bank BRI Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran 2019

Ilustrasi pelayanan Bank Rakyat Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) berkomitmen untuk hadir dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukan Layanan Perbankan pada momen lebaran 2019. Masyarakat tetap dapat menikmati layanan perbankan Bank BRI selama masa Libur dan Cuti Bersama Lebaran Tahun 2019 yang berlangsung dari tanggal 1 – 9 Juni 2019.

Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, Osbal Saragi, mengatakan bahwa Bank BRI telah menyiapkan uang tunai senilai Rp 48,2 triliun guna mengantisipasi meningkatnya kebutuhan akan uang tunai pada momen Ramadan dan Lebaran tahun ini. Dari total uang tunai Rp 48,2 trilyun, 60 persen diantaranya dialokasikan untuk mesin ATM, CDM, dan CRM. Sisanya sebesar 40 persen disebar di unit kerja BRI.

Selain menyediakan uang tunai, Bank BRI juga tetap melaksanakan operasional layanan perbankan pada 3 – 7 Juni di 229 unit kerja serta menggelar weekend banking pada 1-2 dan 8-9 Juni di 155 unit kerja.

"Kami juga memastikan bahwa layanan kepada nasabah inti kerja sama, seperti setoran penerimaan BBM dan Non BBM Pertamina, Penebusan SPP Bulog, pembayaran PNBP POLRI, pembayaran tagihan rumah sakit, penerimaan Imigrasi Visa on Arrival, serta layanan lainnya tetap berjalan pada periode lebaran tahun ini," ujar Osbal, di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Ia menambahkan, pihaknya memastikan perangkat e-channel BRI, seperti mesin ATM, EDC, dan CRM dalam kondisi baik untuk digunakan oleh nasabah dengan menggandeng vendor pihak ketiga. Selain itu, pihaknya juga mengimbau nasabah untuk bertransaksi secara cashless menggunakan layanan perbankan 24 jam Bank BRI. Nasabah dapat memanfaatkan layanan BRI Mobile, internet banking BRI, dan SMS Banking BRI untuk bertransaksi, seperti informasi saldo, membeli tiket pulang dan pergi mudik, beli pulsa, memberi uang saku lebaran, belanja online, dan membayar tagihan kartu kredit.

"Untuk mendorong cashless society, kami juga telah menyiapkan lebih dari 408 ribu Agen BRILink dan hampir 200 ribu EDC yang tersebar d seluruh Indonesia guna memfasilitasi transaksi keuangan selama Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2019. Khusus menyambut periode ini, kami juga menyiapkan tambahan uang elektronik BRIZZI sebanyak 889 ribu kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran tol saat mudik, pembelian barang, dan pembayaran lainnya melalui berbagai merchant," ucap Osbal.

Tak hanya itu, untuk memudahkan masyarakat yang sedang melakukan perjalanan mudik Lebaran, Bank BRI mengadakan Posko Mudik Lebaran di 32 titik lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Posko ini akan dibuka dari H-7 lebaran. Di posko tersebut, masyarakat bisa mendapatkan makanan dan minuman ringan, memanfaatkan layanan E-Channel BRI, layanan kesehatan ringan--cek tensi darah dan P3K, informasi produk BRI, serta hiburan.

"Melalui upaya-upaya tersebut diatas, Bank BRI ingin hadir untuk memenuhi kebutuhan perbankan masyarakat selama momen lebaran, sehingga masyarakat merasa dimudahkan dengan kehadiran Bank BRI," kata Osbal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Ustaz Arifin Ilham Telah Siapkan Makam dan Kain Kafan

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah berjuang melawan kanker di tubuhnya, Ustaz Arifin Ilham akhirnya mengembuskan napas terakhir pada Rabu (22/5/2019) malam di Penang, Malaysia.

Namun sebelum meninggal, Ustaz Arifin Ilham tampak sudah ikhlas dan siap menerima takdir yang telah ditetapkan Sang Khalik untuk dirinya.

Dalam unggahannya di akun Instagram kh_m_arifin_ilham pada 29 April 2019 misalnya, Ustaz Arifin Ilham mengungkap bahwa ia sendiri telah menyiapkan sejumlah hal mengenai peristirahatan terakhirnya. Ini termasuk kain kafan dan tanah makam.

"InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya," tulisnya kala itu.

 

Akan Dimakamkan di Bogor

Rumah duka almarhum Ustaz Arifin Ilham di Perumahan Bukit Az-Zikra Sentul, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5/2019) pagi, mulai dipenuhi kerabat dan keluarga.

Sementara itu, jenazah Ustaz Arifin Ilham telah diterbangkan dari Penang, pukul 09.00 pagi waktu setempat. Ia akan disalatkan di Masjid Az Zikra, Sentul dan dikebumikan di Gunung Sindur, Bogor.

Pantauan Liputan6.com, para pelayat telah memadati kawasan Masjid Az Zikra sejak pagi hari. Mereka mengenakan pakaian serba putih menyambut kedatangan mendiang Ustaz Arifin Ilham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tokoh Nasional Ini Ucapkan Bela Sungkawa Atas Kepergian Ustaz Arifin Ilham

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Ustaz Arifin Ilham. Dai berusia 49 tahun tersebut meninggal dunia setelah melewati masa kritis di Penang, Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam.

Kabar duka ini disampaikan langsung oleh putra Ustaz Arifin Ilham, Alvin Faiz melalui akun Instagram pribadinya. Ia mendoakan kepergian sang ayah tercinta.

"Innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi Ustaz Arifin Ilham .Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulisnya, Selasa (22/5/2019) malam.

Saat ini jenazah Ustaz Arifin Ilham tengah dalam perjalanan udara dari Malaysia. Rencananya mendiang akan dimakamkan di kawasan Gunung Sindur, Jawa Barat. Tentunya, kepergian Ustaz Arifin Ilham ini meninggalkan duka bagi para jamaah, sahabat serta keluarga.

Hingga saat ini, ucapan bela sungkawa atas kepergian sosok Arifin Ilham masih terus membanjiri media sosial. Tak terkecuali dengan para tokoh nasional, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber yang mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Ustaz Arifin Ilham, Kamis (23/5/2019).

4. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengucapkan bela sungkawa sembari mendoakan sang Ustaz

5. Dari lama Twitternya, Ahok mengucapkan rasa duka untuk sang ustaz

7. Dengan foto bersama Ustaz Arifin Ilham, Tuan Guru Bajang mengucapkan selamat jalan untuk sang ustaz

View this post on Instagram

° ° *اِنّالِلّهِ وَاِنّااِلَيْهِ رَاِجِعُوْنَ* اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَس وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا وَذَكَرِنَا وَأُنْثاَنَا. اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى اْلِإسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلِإيْمَانِ. اَللَّهُمَّ لَاتََحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ أَمِِيْن يَا رَبَّ العَالَمِينَ له الفاتحة... *بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ، إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ، اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ، صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ.* ° Selamat jalan sahabatku, berjumpa dengan ALLOH Sang Khalik yang selalu kau rindukan.

A post shared by Dr. TGB. Muhammad Zainul Majdi (@tuangurubajang) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Copa del Rey: Barcelona Incar Gelar ke-31

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Barcelona mengejar trofi Copa del Rey atau Piala Raja ke-31 di sepanjang sejarah mereka. Barcelona bisa mewujudkan target itu kalau mengalahkan Valencia di Benito Villamarin di laga final Copa del Rey.

Barcelona jelas diunggulkan di pertandingan nanti. Saat ini, Azulgrana juga mengincar trofi juara Copa del Rey untuk kelima secara beruntun. 

Ya, trofi ini memang sudah menjadi milik Barcelona pada empat musim terakhir. Klub asuhan Ernesto Valverde itu sudah meraih trofi ini sejak musim 2014-2015.

Hingga musim lalu, Barcelona belum terkejar dalam hal torehan di Copa del Rey. Total, Barcelona sudah meraih juara sebanyak 30 kali.Torehan ini belum bisa dikejar oleh Athletic Bilbao yang berada di posisi kedua dengan 23 trofi.

Sedangkan Valencia yang jadi lawan Barcelona pada final Copa del Rey nanti baru mengoleksi 7 kali juara Copa del Rey. Apakah mereka bisa hentikan Barcelona di laga final nanti.

 

Bonus Menanti

Para pemain Valencia merayakan gol yang dicetak oleh Ezequiel Garay ke gawang Real Madrid pada laga La Liga 2019 di Stadion Mestalla, Rabu (3/4). Valencia menang 2-1 atas Real Madrid. (AP/Alberto Saiz)

Valencia bakal tampil lebih bersemangat menghadapi Barcelona nanti. Selain ingin hentikan dominasi Barcelona, pemain Valencia juga menanti bonus dari sang bos, Peter Lim.

Taipan asal Singapura ini menjanjikan pemain Valencia bonus tambahan kalau bisa kalahkan Barcelona di final Copa del Rey.

Ini merupakan imbas lain dari keberhasilan Valencia lolos ke Liga Champions musim depan. Kemenangan 2-0 atas Real Valladolid pada pekan terakhir membawa Valencia ke posisi empat klasemen.

Peter Lim sepertinya gembira dengan kelolosan ini sehingga ingin menambah bonus buat pemain kalau juara Copa del Rey.

Jadwal Final Copa del Rey

Minggu (26/5/2019)

02:00 WIB Barcelona vs Valencia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Buru Pelaku Pembakaran Kantor Polsek Tambelangan Sampang

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Pasca pembakaran kantor Polsek Tambelangan Sampang oleh sejumlah orang pada Rabu malam (22/5/2019), Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menurunkan 300 personel satuan Brimob dan satuan Sabhara Polda Jawa Timur di wilayah tersebut.

"Ratusan personel itu disiagakan setelah Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanta mengonsolidasikan pasukan di Polres Sampang pasca pembakaran Mapolsek Tambelangan," tutur Barung di Kapolda Jatim, Kamis (23/5/2019).

"Personel yang membackup Polres Sampang dari Pamekasan kemarin kita bagi lagi. Ada dua kompi Brimob dan satu kompi Sabhara yang sudah stand by di sana. Itu ada sekitar 300 personel," kata Barung.

Barung mengatakan, pagi ini, Forkopimda Jatim, yakni Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi berangkat ke Sampang untuk bertemu tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sana.

Mengenai pembakaran kantor polisi tersebut, Barung menegaskan pelaku pembakaran harus ditangkap dan dihukum sesuai hukum yang berlaku.

"Tentu pelaku pelakunya harus dilakukan penangkapan. Ini kan negara hukum bukan negara barbar," katanya menegaskan.

Kamis pagi (23/5/2019) polisi terus bergerak mencari pelaku pembakaran kantor Polsek Tambelangan Sampang.

Sebelumnya dilaporkan kantor Polsek Tambelangan Sampang dibakar oleh sejumlah massa sekitar pukul 22.30 WIB, Rabu 22 Mei 2019. Mobil patroli ikut dibakar.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerah dengan Aksi Demonstrasi, Netizen Ramaikan Twitter dengan Cuitan Nyeleneh

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada Rabu (22/5) serangkaian aksi damai digelar di sejumlah titik ibukota. Aksi tersebut mengakibatkan kerusuhan dan bentrokan antara aparat kepolisian dan para demonstran.

Tak hanya media massa, media sosial pun ramai dengan berbagai berita dan laporan mengenai peristiwa tersebut. Cuitan berisi opini, foto, dan video mewarnai linimasa media sosial Twitter.

Seakan tidak ada hentinya, netizen pun mulai merasa gerah. Demi mencairkan suasana, mereka pun meramaikan tagar #BiarDemoBubar.

Tagar tersebut berisi berbagai cara nyeleneh yang bisa dilakukan untuk membubarkan para demonstran. Tidak hanya pengguna biasa, ada juga selebtwit yang turut meramaikan tagar ini pada media sosial mereka.

Berikut adalah beberapa cuitan yang meramaikan tagar tersebut.

 

 

 

 

 

Media Sosial Dibatasi

Sumber: twitter.com/dewahoya

Selain tagar tersebut, netizen juga diramaikan dengan pembatasan beberapa media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Ketiga aplikasi tersebut akan dibatasi penggunaannya selama tiga hari demi mencegah penyebaran berita hoaks terkait aksi pada 22 Mei.

Imbasnya, banyak orang menjadi kesulitan mendapatkan dan bertukar informasi. Aktivitas yang mereka jalani pun menjadi terhambat.

Untuk mengekspresikan kekesalannya, beberapa netizen pun membuat cuitan lucu mengenai pembatasan aplikasi ini. Meskipun merasa kesal, tetapi mereka masih bisa membuat gurauan lucu untuk mencairkan suasana.

Berikut adalah beberapa cuitan tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Highlight Shopee Liga 1, Borneo FC Vs Arema FC 2-0

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Borneo FC menang 2-0 saat menjamu Arema FC di laga pekan kedua Shopee Liga 1 2019 di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (22/05). Pertandingan berlangsung cukup menarik karena kedua tim bermain terbuka dan dengan tempo cukup cepat. Sejumlah peluang dihasilkan oleh kedua tim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Kanker Kelenjar Getah Bening yang Diidap Ustaz Arifin Ilham

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati masa kritis perawatan kanker kelenjar getah bening, Ustaz Arifin Ilham mengembuskan napas terakhirnya di di Penang, Malaysia pada Rabu, 22 Mei 2019 malam. Kepergian ustaz ternama ini membuat publik Tanah Air ikut berduka.

Kanker kelenjar getah bening yang diidap Arifin Ilham termasuk stadium 4A. Kanker terjadi karena pertumbuhan sel-sel yang tak terkendali pada salah satu atau beberapa kelenjar getah bening di dalam tubuh.

Dokter Resthie Rachmanta Putri dari KlikDokter pernah menuliskan bahwa sel-sel kelenjar getah bening bersifat ganas serta merusak jaringan di sekitarnya. Akibatnya, kelenjar getah bening tak mampu berfungsi menjaga daya tahan tubuh sebagaimana mestinya.

Berikut ini beberapa fakta kanker kelenjar getah bening yang berhasil dirangkum Health Liputan6.com.

1. Punya dua jenis

Berdasarkan American Cancer Society, kanker dapat muncul di kelenjar getah bening dengan dua cara, yakni kanker bisa berada langsung di kelenjar getah bening atau menyebar dari organ tubuh lain lalu menyasar ke kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening disebut limfoma. Ada dua jenis limfoma, yakni limfoma hodgkin (penyakit hodgkin) dan limfoma non-hodgkin.

Limfoma hodgin adalah kanker yang berawal dari sel darah putih, yang dikenal dengan nama limfosit. Limfosit ini bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Limfoma non-hodgkin, kadang disebut limfoma adalah kanker kelenjar getah bening yang dimulai pada sel yang disebut limfosit, bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Ditandai Benjolan

Gejala ada benjolan. (iStockphoto)

2. Ditandai benjolan

Gejala paling awal dikenali oleh penderitanya adalah timbulnya benjolan di bawah kulit. Kondisi tersebut tanda dari pembesaran kelenjar getah bening.

"Benjolan paling sering ditemukan di leher, ketiak atau lipat paha. Biasanya benjolan kalau diraba terasa kenyal, tidak nyeri, dan warnanya sama dengan warna kulit di sekitarnya," tulis Resthie, dikutip dari KlikDokter, Rabu (23/5/2019).

Adapun gejala umum lain meliputi demam yang tak terlalu tinggi dan berkepanjangan (terjadi selama lebih dari dua minggu, banyak berkeringat khususnya pada malam hari, mudah lelah, kehilangan nafsu makan, dan berat badan turun secara drastis

3. Lokasi kanker

Jika kanker kelenjar getah bening terjadi pada kelenjar di dalam rongga dada, gejala yang paling sering dikeluhkan adalah sesak napas. Menurut Resthie, sesak napas yang dirasakan pada awalnya ringan. Tapi makin lama makin berat hingga dapat mengancam nyawa.

Kanker juga bisa terjadi pada kelenjar getah bening di rongga perut. Keluhan yang paling sering dialami adalah perut makin membesar dan terasa begah.

Lebih Rentan Terinfeksi

Pasien lebih rentan kena infeksi. (Ilustrasi/iStockphoto)

4. Lebih rentan kena infeksi

Seseorang yang mengalami kanker kelenjar getah bening akan lebih rentan kena infeksi dibandingkan orang yang sehat. Hal ini karena kelenjar getah beningnya tak mampu menjaga daya tahan tubuh.

Lebih lanjut, kata Resthie, jika penderitanya mengalami infeksi, maka infeksi bisa berubah membahayakan dan sulit disembuhkan.

5. Perjalanan sel kanker

Sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor aslinya dan melakukan perjalanan ke organ tubuh lain melalui aliran darah atau sistem getah bening. Jika sel kanker melakukan perjalanan melalui sistem getah bening, maka sel-sel kanker mungkin berakhir di kelenjar getah bening.

Ketika kanker tumbuh di dalam kelenjar getah bening akan memengaruhi kelenjar getah bening di dekat tumor itu sendiri. Menurut American Cancer Society, kelenjar getah bening secara normal itu kecil dan sulit ditemukan.

Tetapi ketika ada infeksi, peradangan atau kanker, kelenjar getah bening bisa membesar. Kelenjar getah bening yang berada di dekat permukaan tubuh bisa diraba dengan jari.

 

Peradangan Usai Operasi

Peradangan terjadi usai operasi. (iStock)

6. Peradangan usai operasi

Salah satu cara menyingkirkan kanker kelenjar getah bening dengan operasi. Operasi pengangkatan kelenjar getah bening bisa menimbulkan efek samping berupa peradangan.

Kelenjar getah bening yang telah diangkat selama operasi ini meninggalkan bagian tubuh berbentuk cairan getah bening. Cairan getah bening pun terkumpul di organ tubuh yang alami kanker.

Akibatnya, banyak pembuluh getah bening terhambat. Ini karena ketidakmampuan pembuluh getah bening menguras cairan getah bening.

Kondisi ini disebut lymphedema, menurut American Cancer Society. Semakin banyak kelenjar getah bening yang diangkat, semakin besar potensi  lymphedema terjadi.

Dokter Suci Dwi Putri dari KlikDokter menyampaikan, bengkak pada bekas operasi kelenjar getah bening menandakan tanda-tanda radang yang dapat terjadi karena infeksi. 

"Saat ini, penanganan yang tepat adalah kembali kontrol untuk memeriksakan kondisi luka operasi kepada dokter bedah," ujarnya sebagaimana dikutip dari KlikDokter.

 

Simak video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tumbilotohe, Tradisi Tua Warga Gorontalo Sambut Idul Fitri

Posted: 22 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Warga Gorontalo mulai bersiap menyambut malam Tumbilotohe.Tumbilotohe atau malam pasang lampu merupakan tradisi tua di Gorontalo yang digelar tiga hari menjelang Idul Fitri.

Tidak hanya warga, sejumlah pedagang mulai memanfaatkan tradisi itu untuk  mencari tambahan uang dengan menjual pelita yang terbuat dari botol bekas. Dikawasan jalan Sam Ratulangi, kota Gorontalo misalnya, sejumlah lapak mulai terlihat berjualan menawarkan lampu botol kepada para pembeli.

"Tiga hari lalu ada yang borong seribu botol lampu," kata Trisnawati (31), pedagang pelita botol bekas saat ditemui Rabu, 22 Mei 2019.

Ia mengaku telah lima tahun menjadi pedagang musiman dengan berjualan pelita yang terbuat dari botol bekas. Khusus untuk Ramadan tahun 2019, Trisnawati menyebut telah menyiapkan 4000 pelita botol bekas.

"Sudah beberapa hari jualan disini," ucapnya.

Pelita botol yang dijual oleh Trisnawati dibandrol dengan harga yang bervariasi, tergantung jenis pelita yang dibutuhkan oleh pembeli. Untuk pelita dengan 12 sumbu lampu dijual dengan harga Rp. 12 ribu rupiah sedangkan untuk 3 lampu botol lengkap dengan sumbu lampu dijual dengan harga Rp. 5 ribu.  

"Biasanya yang laku lampu botol lengkap dengan sumbu," ujarnya.

Meski saat ini penjulannya masih minim, Trisnawati mengaku tidak khawatir karena biasanya  jumlah pembelian akan meningkat tajam 5 hari menjelang pelaksanaan Tumbilotohe.

"4000  lampu botol yang disiapkan memang tidak habis. Tapi tetap untung. Sisanya bisa dijual tahun depan lagi, " ia memungkasi.

Dalam tradisi Tumbilotohe, lampu botol biasanya akan dipasang oleh warga diseluruh wilayah Gorontalo. Dinas Pariwisata provinsi Gorontalo telah menentukan bahwa  Festival Tumbilotohe akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 4 Juni 2019.

"Festival ini merupakan kegiatan rutin di bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri yang kita lakukan untuk melestarikan budaya," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Nancy Lahay.

Reporter: Andri Arnold

Sakikan juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Indonesia, 12 Negara Ini Juga Pernah Batasi WhatsApp Cs

Posted: 22 May 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan pemerintah Indonesia untuk membatasi sebagian fitur di media sosial menarik perhatian.

Warganet yang sehari-hari menggantungkan komunikasi pada WhatsApp, Facebook hingga Instagram mengeluhkan sulitnya mengakses media sosial, terutama ketika mengirim dan menerima gambar dan video.

Bukan tanpa alasan, keputusan ini imbas dari adanya unjuk rasa pada 22 Mei di depan kantor Bawaslu.

Pemerintah ingin membatasi fitur di medsos karena media seperti video dan gambar viral lebih cepat, sehingga dikhawatirkan bakal menarik massa unjuk rasa lebih banyak.

Ternyata, bukan cuma Indonesia yang pernah membatasi media sosial. Karena beberapa alasan, negara-negara ini juga melarang warganya menggunakan Whatsapp Cs. Berikut daftar negara tersebut, dilansir dari berbagai sumber:

Korea Utara

Bukan rahasia lagi kalau negara ini melarang segala jenis produk luar negeri masuk, tak terkecuali WhatsApp. Negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini memang secara aktif membatasi informasi ke dan dari luar negeri.

Korea Utara memblokir Facebook, WhatsApp, Twitter, Youtube dan situs yang berasal dari Korea Selatan sejak 2016 silam.

Tiongkok

Negara lainnya adalah Tiongkok. Hampir sama seperti Korea Utara, Tiongkok aktif memblokir WhatsApp Cs dan hanya mengijinkan situs pencari dan media sosial buatan dalam negeri saja yang beroperasi, itu pun dengan pengawasan super ketat.

Sri Lanka

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Sri Lanka sempat memblokir akses ke Facebook dan WhatsApp karena adanya postingan yang memicu kerusuhan anti Muslim di beberapa daerah.

Hal ini merupakan imbas dari serangan bom bunuh diri saat perayaan Minggu Paskah di 3 gereja.

Kongo, Chad, Uganda, India

Negara-negara ini membatasi akses ke WhatsApp Cs untuk mencegah penyebaran informasi palsu dan provokatif saat pemilu di negaranya berlangsung.

Mesir

Akses media sosial di Mesir pernah diblokir pada 2010 silam ketika Hosni Mubarak masih menjadi presiden.

 

Kuba

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/Christian Wiediger)

Kuba lebih parah lagi. Hanya politisi, jurnalis dan beberapa pelajar saja yang bisa memiliki akses internet dan media sosial seperti WhatsApp Cs, itupun dengan limitasi dari pemerintah.

Hal itu disebabkan harga internet yang sangat mahal, melebihi gaji para pekerja di Kuba.

Iran dan Syria

Negara ini memblokir media sosial karena adanya alasan keamanan dan masalah sensor. Disamping itu, aktivitas politik yang memanas juga menjadi penyebab pemblokiran media sosial yang membagikan video, seperti Youtube.

Uni Emirat Arab

Pemblokiran WhatsApp Cs di Arab adalah hal biasa, hal ini memang dilakukan untuk mempromosikan provider telekomunikasi lokal.

(Tik/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menag Lukman Hakim Kembali Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Romahurmuziy

Posted: 22 May 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus jual beli jabatan. Lukman sedianya akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk melengkapi berkas tersangka mantan Ketum PPP Romahurmuziy alias Romi.‎

"Saksi Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI diperiksan untuk tersangka RMY‎ (Romi)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (23/5/2019).

Lukman dikabarkan sudah berada di dalam Gedung KPK tengah menjalani pemeriksaan. Lukman datang sekitar pukul 09.00 WIB.

Lukman juga sempat dipanggil pada Rabu, 22 Mei 2019 kemarin. Namun hari itu Lukman dipanggil dalam kapasitas terperiksa.

Febri menyebut pemeriksaan Lukman Hakim Saifuddin kemarin berkaitan dengan perkara yang masih dalam tahap penyelidikan. ‎"Dimintai keterangan ‎soal penyelenggaraan haji," kata Febri kemarin.

 

KPK Temukan Uang di Ruang Kerja Menag

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meninggalkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai memenuhi panggilan penyidik di Jakarta, Rabu (22/5/2019). Kehadiran Menag Lukman untuk dimintai keterangan terkait penyelidikan kasus penyelenggaraan haji. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Romahurmuziy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Romahurmuziy KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

KPK menemukan bahwa Romi tak hanya bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. KPK mengaku menerima banyak laporan bahwa Romi bermain di banyaj daerah di Tanah Air. KPK pun berjanji akan mendalami hal tersebut.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Romi dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menemukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Romi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan dengan Kandungan Vitamin K Tertinggi, Penting untuk Tulang dan Darah

Posted: 22 May 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vitamin K adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat. Vitamin K juga dikenal perannya dalam membantu pembekuan darah, yang dikenal sebagai "koagulasi."

Tubuh membutuhkan vitamin K untuk menghasilkan protrombin, protein dan faktor pembekuan yang penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang. Kekurangan vitamin K jarang terjadi, tetapi, dalam kasus yang parah, dapat melambatkan waktu pembekuan dan menyebabkan perdarahan yang berlebihan.

Vitamin K1, atau phylloquinone, berasal dari tanaman. Ini adalah jenis utama dari makanan vitamin K. Sumber yang lebih rendah adalah vitamin K2, atau menaquinone, yang dapat ditemukan pada beberapa makanan hewani dan fermentasi.

Sayuran berdaun hijau mengandung jumlah vitamin K tertinggi, tetapi ada banyak sumber baik lainnya. Rata-rata, wanita dewasa membutuhkan 90 mikrogram (mcg) vitamin K per hari dan pria dewasa membutuhkan 120 mcg. Berikut makanan dengan kandungan vitamin K tertinggi, yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Healthline, Kamis(23/5/2019).

Kale 565 mcg per 1/2 gelas

Kale, sayuran hijau kaya kalsium (Foto: .shamatapilates)

Kale adalah raja vitamin K. sayuran ini dikenal sebagai salah satu makanan super. Memang seharusnya begitu, karena kale juga kaya akan kalsium, kalium, dan folat, di antara vitamin dan mineral lainnya.

Bentuk vitamin K dalam kale adalah K1. Ini membantu mencegah penyakit jantung dan osteoporosis. Banyak antioksidan kuat ditemukan dalam kale, termasuk quercetin dan kaempferol, yang memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan.

Sayur Lobak 425 mcg per 1/2 gelas

Sayur Lobak (sumber: iStockphoto)

Tak hanya umbinya, daun lobak pun dapat dimakan. Sayur lobak merujuk secara khusus pada batang dan bagian hijau tanaman lobak.

Selain kaya vitamin K, sayur lobak juga tinggi kalsium, yang membantu memperkuat tulang. Konsumsi vitamin K yang cukup dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium, mengurangi ekskresi kalsium urin dan bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang.

Sayur lobak kaya akan serat dan air, yang membantu mencegah sembelit, meningkatkan keteraturan BAB dan menjaga saluran pencernaan yang sehat.

Bayam - 444 mcg per 1/2 gelas

ilustrasi bayam/Photo by chiara conti on Unsplash

Bayam memiliki segala jenis nutrisi, termasuk vitamin A, B dan E, ditambah magnesium, folat, dan zat besi. Setengah cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung sekitar tiga kali lebih banyak vitamin K daripada secangkir bayam mentah, tetapi satu porsi mentah juga cukup untuk memenuhi asupan harian.

Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

Brokoli 110 mcg per 1/2 gelas

Ilustrasi Foto Brokoli (iStockphoto)

Ada banyak cara untuk menyajikan brokoli. Apa pun resep Anda, cobalah memasaknya dengan minyak canola atau minyak zaitun, tidak hanya untuk menambah rasa tetapi juga untuk meningkatkan kandungan vitamin K. Satu sendok makan perpaduan ini mengandung sekitar 10 mcg vitamin K.

Brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral, termasuk folat, kalium, mangan, zat besi, dan vitamin C dan K1. Brokoli juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna tetapi memberikan jumlah serat yang layak, yang meningkatkan kesehatan usus dan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit.

Hati sapi 106 mcg/100 gram

Hati sapi (sumber: iStock)

Hati sapi sering disebut makanan super dari dunia hewan karena merupakan salah satu makanan padat nutrisi. Hati adalah sumber protein yang sangat baik, satu-satunya sumber terbesar vitamin A preformed, mengandung vitamin B12 dan B-kompleks yang berlimpah, choline, biotin, zat besi, tembaga, seng, folat, dan mengandung semua vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K) .

4 Nutrisi yang terdiri dalam hati sapi adalah blok bangunan sinergis dari metabolisme, kekebalan, hati, kulit, mata, reproduksi, dan kesehatan mental.

Ayam 60 mcg/100 gram

Daging ayam (iStockphoto)

Ayam adalah daging yang paling populer di dunia. Daging ini tinggi dalam banyak nutrisi bermanfaat dan sumber protein yang sangat baik.

Dada ayam adalah salah satu makanan tinggi vitamin K2. Tiga ons daging jenis ini memberi Anda 17% dari nilai harian vitamin K. Selain itu, dada ayam sangat kaya akan niacin dan vitamin B6. Ini juga merupakan sumber selenium dan fosfor.

Kiwi 28 mcg/buah

Ilustrasi buah kiwi (iStockphoto)

Kiwi adalah buah kecil yang mengandung banyak rasa dan banyak manfaat kesehatan. Daging hijau mereka manis dan tajam. Ini juga penuh dengan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan kalium.

Mereka juga memiliki banyak antioksidan dan merupakan sumber serat yang baik. Biji hitam kecil kiwi dapat dimakan, begitu pula dengan kulit cokelatnya, meskipun banyak yang lebih suka mengupas kiwi sebelum memakannya.

Alpukat 21 mcg/100 gram

Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Alpukat sangat bergizi dan mengandung beragam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Dalam 100 gram alpukat terdapat vitamin K2 6% dari nilai harian.

Alpukat hadir dengan 160 kalori, 2 gram protein dan 15 gram lemak sehat. Meskipun mengandung 9 gram karbohidrat, 7 diantaranya adalah serat, jadi hanya ada 2 karbohidrat "bersih", menjadikannya makanan nabati rendah karbohidrat yang ramah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ustaz Arifin Ilham Dimakamkan di Halaman Masjid Jami Az-Zikra Gunung Sindur

Posted: 22 May 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaman jenazah Ustaz Muhammad Arifin Ilham rencananya akan dilakukan sore ini. Jenazah almarhum rencananya dimakamkan di halaman Masjid Jami Az-Zikra yang terletak di komplek Pesantren Az-zikra, Desa Cibadung, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sebelum dimakamkan, jenazah Arifin Ilham akan disalatkan di dua lokasi yaitu Masjid Az-Zikra Sentul, Babakan Madang dan Masjid Az-Zikra Gunung Sindur.

Dari pantauan Liputan6.com di lokasi komplek Pesantren Az-zikra, Kamis (23/5/2019) siang, ribuan jemaah dari berbagai daerah mulai berdatangan. Sejumlah karangan bunga juga terpantau di area parkir pondok pesantren tersebut.

Para jemaah yang hadir langsung menuju masjid dan membacakan ayat suci Alquran yang ditujukan kepada almarhum Ustaz Arifin Ilham. Mereka tampak larut dalam kesedihan.

Meninggal Akibat Kanker

Sementara yang lainnya menyaksikan sejumlah pengurus yang sedang merapikan liang lahat yang sudah disiapkan untuk pemakaman jenazah almarhum Ustaz Arifin Ilham.

Ustaz Muhammad Arifin Ilham menghembuskan napas terakhir di usianya yang ke-49. Beliau wafat saat menjalani perawatan di rumah sakit Penang, Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam. Ustaz Arifin mengidap penyakit kanker getah bening dan kanker nasofaring stadium 4A.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusuh 22 Mei Bisa Diredam, Rupiah Bakal Menguat

Posted: 22 May 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diperkirakan menguat usai aksi 22 Mei.  Langkah pemerintah yang mampu mengendalikan rusuh dalam aksi masa tersebut menjadi salah satu pendorong penguatan rupiah.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menilai, pemerintah cukup mampu mengendalikan rusuh yang terjadi dalam aksi massa yang berlangsung selama dua hari di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Dari pengamatan saya dua Hari ini, pemerintah masih memegang kendali, aksi rusuh terlokalisir, jadi kemungkinan tidak akan meluas dan berlarut. Ini membantu penguatan rupiah," terangnya kepada Liputan6.com, Kamis (23/5/2019).

Dia melanjutkan, momentum penguatan mata uang rupiah juga didukung oleh sentimen global atas sinyal suku bunga acuan bank sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed).

"Selain itu, dini hari tadi, notulensi rapat kebijakan Bank Sentral AS mengindikasikan potensi tidak ada kenaikan suku bunga acuan AS juga membantu penguatan rupiah," ujarnya.

Meski begitu, penguatan rupiah menurutnya masih berkisar di level 14.500 per dolar AS yakni mulai dari 14.480 per dolar AS hingga 14.530 per dolar AS. 

 

Masih di Kisaran 14.500 per Dolar AS

Petugas bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih belum beranjak dari level Rp 13.500-an per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Senada, Direktur Riset dan Investasi Kiwoom Sekuritas Indonesia, Maximilianus Nico Demus mengatakan rupiah memang cenderung menguat usai aksi 22 Mei.

Tetapi, dia menekankan penguatanya pun masih hanya mampu di rentang 14.500 per dolar AS.

"Saat ini, investor masih cenderung mengamati (wait and see) terkait kondisi stabilitas politik dalam negeri. Kalau mereka sudah yakin, dengan sendirinya rupiah pasti akan menguat. Untuk saat ini, perkasanya rupiah masih di level Rp 14.500," paparnya.

Sebagai informasi, nilai tukar rupiah pada siang hari ini saat ini berada di posisi 14.518 per dolar AS. Angka ini menguat 0,05 persen dibanding penutupan Rabu (22/5) yakni 14.525 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: Sengit Demi Tiket Liga Champions

Posted: 22 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia Serie A masih sengit hingga pekan terakhir. Persaingan merebut dua tiket Liga Champions terakhir panas hingga laga pamungkas yang rencananya digelar akhir pekan nanti.

Atalanta, Inter Milan, AC Milan dan AS Roma berebut dua tiket terakhir ke Liga Champions musim depan dengan finis di posisi tiga dan empat Liga Italia.

Atalanta saat ini berada di urutan tiga dengan 66 poin. Mereka unggul selisih gol dari Inter Milan. AC Milan membayangi di urutan lima dengan 65 poin. Roma berada di posisi enam dengan 63 poin.

Di laga pekan 38 Liga Italia, Atalanta akan menjamu Sassuolo. Inter Milan kedatangan Empoli. Sedangkan AC Milan harus berkunjung ke kandang SPAL. Adapun AS Roma berjumpa Parma di kandang sendiri.

Berikut jadwal Liga Italia selengkapnya:

 

 

Jadwal Liga Italia

Logo Serie A

Sabtu 25 Mei 2019

23.00 WIB, Frosinone vs Chievo

Minggu 26 Mei 2019

01.30 WIB, Bologna vs Napoli

20.00 WIB, Torino vs Lazio

23.00 WIB, Sampdoria vs Juventus

Jadwal Selanjutnya

Senin 27 Mei 2019

01.30 WIB, Inter vs Empoli

01.30 WIB, Fiorentina vs Genoa

01.30 WIB, SPAL vs AC Milan

01.30 WIB, Roma vs Parma

01.30 WIB, Atalanta vs Sassuolo

01.30 WIB, Cagliari vs Udinese

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspadai Titik-Titik Macet Ini Saat Mudik Lebaran

Posted: 22 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Korlantas Polri telah memetakan sejumlah titik yang berpotensi terjadi kemacetan saat arus mudik dan balik musim libur Lebaran 2019 yang tersebar baik di ruas tol, jalur arteri, maupun jalan menuju pelabuhan.

"Kami sudah mapping beberapa daerah yang menjadi titik kemacetan, tentunya yang paling dekat dari Jakarta adalah Tol Cikampek, karena ada beberapa pekerjaan besar yang dilakukan pemerintah," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Benyamin menyebutkan, untuk jalur selatan (Pansela), titik arus mudik yang juga menjadi kemacetan yakni di Kecamatan Malangbong, Jawa Barat, karena kawasan tersebut memiliki jalan kecil yang berkelok serta terdapat pasar yang tentunya menimbulkan kepadatan kendaraan.

Seperli dilansir Antara, untuk mengantisipasinya, Polri akan melakukan buka-tutup arus lalu lintas dan pengalihan jalan menuju Garut atau Singaparna.

Titik lainnya yang diantisipasi adalah di Pasar Linggapura, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah. Kawasan yang dilintasi jalur Pejagan ini menjadi poros penghubung jalan bagi pemudik yang menuju Purwokerto, sehingga aktivitas lalu lintas lebih tinggi.

Selain jalan tol dan arteri, Polri juga mengantisipasi dua pelabuhan dengan aktivitas pemudik yang lebih padat, yakni Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ketapang. Pelabuhan Merak menjadi pintu keluar-masuk pemudik dari Lampung, begitu juga Pelabuhan Ketapang yang menjadi akses bagi pemudik dari Bali.

Dalam rangka mengamankan arus mudik-balik Lebaran 2019 ini, Polri akan memberlakukan operasi ketupat sejak 28 Mei sampai 12 Juni 2019. Menurut prediksi, lalu lintas kendaraan pada arus mudik-balik Lebaran tahun ini meningkat sebesar 20 persen.

"Kami juga berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas tahun ini paling tidak sebesar 20 persen. Pada tahun lalu, kecelakaan bisa kita tekan sekitar 30-35 persen," kata Benyamin.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 5 Cara Menghilangkan Racun Dalam Tubuh, Salah Satunya Puasa

Posted: 22 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menghilangkan racun dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan manusia. Karena racun-racun yang terkandung dalam tubuh manusia dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Untuk itu, ada beberapa cara untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Sebenarnya hal ini tergantung kepada gaya hidup kamu sehari-hari. Asalkan pola hidup kamu sehat, maka racun di dalam tubuh juga tidak akan bertumpuk dan menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu tentang cara menghilangkan racun dalam tubuh yang tergantung kepada gaya hidup sehari-hari kamu. Jangan sampai terserang berbagai macam penyakit karena pola hidup yang kamu jalani tidak sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (23/5/2019) tentang cara menghilangkan racun dalam tubuh.

Puasa

puasa (Ilustrasi Puasa: Parade)

Melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan ini ternyata bermanfaat dalam menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan berpuasa, maka berbagai sistem yang ada dalam tubuh akan terbantu untuk beristirahat selama beberapa waktu untuk melakukan pembersihan dan regenerasi sel, terutama pada saluran pencernaan. Hal ini nantinya akan terkait dengan sistem kekebalan tubuh. Semakin baik keadaan sistem kekebalan tubuh maka proses penghilangan racun akan semakin maksimalm pula. Sistem kekebalan tubuh juga dipengaruhi oleh saluran pencernaan yang dapat menyeimbangkan bakteri di dalam usus.

Selain itu, puasa juga dapat mencegah masuknya racun ke dalam tubuh dari luar. Dengan berpuasa maka kamu akan berhenti kecanduan merokok, makanan cepat saji, serta minuman alkohol. Asupan racun dari benda benda tersebut dapat ditekan karena tubuh seiring berjalannya waktu akan terbiasa untuk tidak mengonsumsinya. Apalagi bila kamu pada akhirnya benar benar bisa berhenti mengonsumsi sumber racun tersebut, maka akan menjadi semakin baik lagi. Bahkan bagi penderita diabetes, menjalankan ibadah puasa dapat membantu meningkatkan kembali sensitivitas insulin. Hal ini dapat membuat kadar gula darah dapat dikendalikan dengan baik. Namun hal ini berlaku hanya bagi penderita diabetes yang memang diperbolehkan berpuasa. Masih banyak lagi manfaat puasa bagi kesehatan seperti mempercepat kesembuhan penderita radang sendi, penyakit kulit, serta tuberkulosis.

Tidur Cukup dan Berolahraga

Olahraga Lari (Ilustrasi/iStockphoto)

Tidur yang Cukup

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara menghilangkan racun dari dalam tubuh ini memang sangatlah mudah. Hanya dengan menjaga pola hidup sehat, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit. Tidur yang cukup merupakan salah satu cara menghilangkan racun dalam tubuh. Kamu harus tidur yang cukup setiap malam sekitar 7-8 jam. Dengan menjaga pola tidur sehat, maka proses menghilangkan racun dan regenerasi sel akan berjalan dengan baik. saat tubuh berisitrahat, maka hal tersebut akan menjadi kesempatan untuk proses detoksifikasi menjalankan tugasnya. Hal ini tentunya tidak akan terjadi bila kamu sering begadang dan tidak menjaga pola tidur. Banyak begadang bisa menyebabkan racun mengendap dalam tubuh dan bahkan memicu berbagai macam penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, penyakit ginjal, stroke, penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Rutin berolahraga

Cara menghilangkan racun dalam tubuh selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Berolahraga di luar ruangan dengan diterpa sinar matahari pagi bisa membantu proses penyerapan kalsium berjalan dengan maksimal. Selain itu, rutin berolahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, mengatasi stres, dan tentunya bisa membuat proses detoksifikasi pada tubuh berjalan dengan lebih baik.

Bangun Pagi dan Menghindari Sinar Matahari Siang

bangun pagi./Copyright shutterstock.com

Bangun pagi

Masih berkaitan dengan pola tidur sehat, bangun pagi juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Meski kelihatannya sepele, sinar matahari pagi yang kamu dapatkan saat bangun pagi akan membantu ritme sirkadian tubuh berjalan dengan baik. Oleh karena itu, proses bangun pagi dapat membantu proses detoksifikasi yang selalu berlangsung tepat waktu.

Menghindari Sinar Matahari Siang

Walaupun sinar matahai pagi memang bisa menyehatkan tubuh dan berperan penting dalam detoksifikasi tubuh, namun lain halnya dengan sinar matahari di siang hari. Hal ini bahkan bisa menyebabkan kerusakan kulit saat siang hari yang panas dan menyengat. Tidak hanya itu, kamu juga bisa terkena risiko kanker kulit bial sering terpapar. Oleh karena itu, pakailah tabir surya untuk melindungi kulit bila kamu sedang memiliki kegiatan di luar ruangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: