Selasa, 14 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cerita Rumah Menteri PUPR yang Tergusur Imbas Proyek Tol

Posted: 14 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah milik Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dikabarkan akan digusur sebagai bagian dari pembebasan lahan untuk pengerjaan proyek infrastruktur jalan tol.

Hal tersebut terungkap lewat unggahan status media sosial Twitter mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Melalui kicauannya, Mahfud MD menulis, Menteri PUPR yang biasa membuat jalan tol harus merelakan rumah pribadinya tergusur demi kelancaran pembangunan.

 

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, membenarkan hal itu. Kabar itu, menurut dia, sudah ada sejak kurang lebih setahun lalu. Hanya saja Basuki Hadimuljono enggan mengungkapkannya kepada publik.

Rumah yang terletak di Kalimalang tersebut, menurut Endra, merupakan kediaman Basuki sejak mengabdi sebagai PNS di Kementerian PUPR hingga diangkat menjadi menteri.

"Betul. Jadi rumah beliau itu rumah yang sudah didiami sejak lama, sejak beliau pulang S3 dari Amerika. Itu tahun 1990-an beliau sudah tinggal di situ," ujar dia kepada Merdeka.com, Rabu (15/5/2019).

"Itu beliau sebelum jadi Menteri memang tinggal di situ. Waktu jadi Dirjen, jadi Irjen, di situ. Mulai dari Dirjen SDA, terus Kabalitbang, Irjen, ya rumahnya di situ. Jadi sebelum jadi Menteri sampai tahun 2014, ya di situ rumahnya," lanjut dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Selanjutnya

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Basuki, kata dia, memang mengikhlaskan rumahnya digusur. Basuki taat mengikuti aturan yang berlaku. Sebab penggusuran rumahnya dilakukan untuk menjalankan proyek yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat luas.

"Nah memang rumah itu diapit antara tol Becakayu dan tol Cikampek. Jadi karena itu kan kompleks pengairan, di tepi Kalimalang. Rumahnya diapit dua tol. Kalau di Cikampek itu ada proyek tol elevated Japek. Terus ada LRT, terus ada Becakayu. Memang rumahnya sudah sangat, mungkin kurang layak lah. Banyak debu proyek di situ," ujar Endra.

"Tapi beliau juga kan warga negara biasa harus tunduk juga ke itu, Undang-Undang No 2 tahun 2014 tentang Pengadaan Tanah untuk Kepentingan Publik," imbuhnya.

Terkait kediaman baru Menteri Basuki setelah penggusuran karena proyek tol ini, Endra enggan berkomentar banyak. Sebab, hal tersebut sepenuhnya berada dalam kewenangan Menteri Basuki secara pribadi. "Tapi saya belum tahu beliau mau pindah kemana dari situ. Harus tanya ke beliau langsung," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Efek Swap Gender Filter, Pria Ini Ditaksir Lebih Dari 400 Pengguna Tinder

Posted: 14 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi edit foto atau filter foto adalah aplikasi yang kini sedang banyak digemari orang. Mengubah wajah menjadi tampan dan cantik menjadi fitur andalan aplikasi-aplikasi tersebut. Wajar saja, dengan tawaran bisa lebih tampan dan cantik, aplikasi ini menjadi laris di pasaran. 

Salah satu filter aplikasi yang kini sedang naik daun dan digemari oleh anak zaman sekarang ialah swap gender filter. Swap gender filter adalah filter terbaru dari aplikasi snapchat. Fiter tersebut bisa mengubah wajahmu dari tampak tampan menjadi cantik.

Keunikan filter ini langsung booming saat dipakai oleh pengguna aplikasi tersebut. Saking boomingnya, filter tersebut juga dipakai oleh deretan seleb terkenal, contohnya Kunto Aji, yang berubah menjadi cantik ketika memakai filter tersebut.

Hal serupa juga coba diterapkan oleh seorang bernama Jake Askew. Jake Askew mencoba iseng dengan membuat akun Tinder dengan memakai nama Jess, dengan foto yang dipakai ialah foto swap gender milik dirinya. Respon tidak terduga didapatkan pria ini setelah membuat akun Tinder dengan nama Jess.

Berikut Liputan6.com kutip dari Mirror.co.uk tentang tingkah usil Jake Askew, Rabu (15/5/2019).

 

Foto profil yang dipakai Jake

Efek Swap Gender Filter, Pria Ini Ditaksir Lebih Dari 400 Pengguna Tinder (sumber: Mirror.co.uk)

Jake Askew mencoba mengusili para pengguna Tinder dengan memanfaatkan swap gender filter. Memang perubahan setelah memakai filter tersebut terlihat berbeda. Jake Askew terlihat sangat cantik dengan alis tebal dan rambut menawan berwarna coklat.

Jake benar-benar berniat mengusili para pengguna Tinder. Setelah memasang foto profil perubahan wajahnya, Jake juga memakai nama yang berbeda. Jake memakai nama Jess di akun Tindernya dan menuliskan usia 19 tahun. Percobaan Jake ini ternyata mendapat respon tak terduga dari pengguna Tinder.

Respon Pengguna Tinder

Efek Swap Gender Filter, Pria Ini Ditaksir Lebih Dari 400 Pengguna Tinder (sumber: Mirror.co.uk)

Respon pengguna Tinder sungguh tidak terduga. Jake Askew membiarkan akun Tinder bernama Jess satu jam di sana. Setelah satu jam, Jake memeriksa apa yang terjadi dan ternyata sungguh di luar perkiraan.

Akun bernama Jess hanya dalam satu jam sudah disukai sebanyak 1.650 dan yang match ialah 450 akun. Sungguh pencapaian yang tidak terduga, mengingat Jess baru satu jam di Tinder. Handphone Jake setelah itu ramai dengan pesan-pesan dari pria yang ingin mencari jodoh.

Banyak pesan berdatangan kepadanya. Banyak yang ingin berkenalan, memuji foto cantiknya, bahkan ada yang meminta foto-foto dirinya yang lain. Sungguh upaya mengusili pengguna Tinder yang dilakukan Jake berhasil. Kini Jess sangat populer di Tinder dan banyak pria yang tertipu dengan kelakuan Jake.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Yayan Ruhian Ajarkan Pencak Silat kepada Keanu Reeves

Posted: 14 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bulan ini aktor Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman menorehkan prestasi membanggakan. Keduanya mendampingi Keanu Reeves di film John Wick Chapter 3: Parabellum. Dalam film ini, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman berinteraksi bahkan terlibat baku hantam dengan Keanu Reeves.

Dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com, Yayan Ruhian menyebut syuting bersama Keanu Reeves berjalan mulus.

Di lokasi syuting, ada momen yang tak dapat dilupakan oleh Yayan Ruhian. Dikisahkan Yayan Ruhian, Keanu Reeves dan timnya telah menyusun koreografi pertarungan namun secara teknis mereka tetap memberikan keleluasaan kepada kedua aktor Indonesia ini.

"Artinya kami diberi ruang gerak leluasa untuk membuat gerakan tarung. Bahkan, ada beberapa teknik pencak silat yang kami pikir terlalu sulit (dilakukan bersama Keanu Reeves). Namun saat kami permudah dan sederhanakan, Keanu Reeves menolak serta mengatakan, 'Jangan, saya harus bisa melakukan gerakan ini,'" kenang Yayan Ruhian di Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Yayan Ruhian menambahkan, "Keanu Reeves memperlihatkan niat baik untuk mempelajari bagian dari pencak silat. Itu membanggakan bagi saya. Ada rangkaian jurus yang diperlihatkannya dalam film."

Terselip Kesedihan

Yayan Ruhian (Wayan Diananto/Liputan6.com)

Saat Keanu Reeves merespons gerakan pencak silat, terselip kesedihan di benak Yayan Ruhian. Dalam pandangan Yayan Ruhian, masih banyak generasi muda Indonesia yang enggan mencintai pencak silat. Inilah tantangan yang harus dijawab oleh Yayan Ruhian maupun penggiat pencak silat lainnya.

"Sampai saat ini saya masih bertanya-tanya mengapa pencak silat tidak dibanggakan oleh warga negara kita. Saya khawatir lima atau sepuluh tahun ke depan justru orang asing yang lebih cinta dan mengajarkan pencak silat kepada kita," ujar Yayan Ruhian seraya menambahkan, "Pencak silat bukan sekadar seni bela diri. Dalam pencak silat ada unsur silaturahmi, bela diri, seni, dan mental spiritual." (Wayan Lovely)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Klub Shopee Liga 1 2019: Barito Putera Ingin Juara

Posted: 14 May 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Barito Putera mengusung target yang tidak main-main di Shopee Liga 1 2019. Tak tanggung-tanggung, Barito Putera ingin membawa trofi Liga 1 ke Banjarmasin.

Tim besutan Jacksen F Tiago ini tak mau tergelincir seperti pada musim lalu. Sempat meyakinkan pada beberapa pekan pada musim lalu, Barito Putera mengakhiri klasemen di peringkat ke-9. Laskar Antasari mengumpulkan 47 poin dari 34 pertandingan. 

Memasuki Liga 1 2019, Barito Putera jor-joran di bursa transfer. Sejumlah nama-nama beken berhasil didatangkan. Termasuk, mengontrak empat pemain asing baru.

Barito Putera memang gagal mempertahankan Hansamu Yama. Untuk menggantikannya, Laskar Antasari merekrut dua bek asing asal Brasil, Lucas da Silva dan Artur Vieira.

Misi mempertahankan top scorer klub musim lalu, Samsul Arif sukses. Barito Putera pun mendaratkan pelayan untuk sang bombernya itu. Evan Dimas Darmono berhasil diyakinkan untuk memilih Laskar Antasari.

Dengan modal materi yang lumayan, manajemen yakni Barito Putera mampu memanaskan persaingan papan atas Shopee Liga 1 2019.

Pelatih

Jacksen F. Tiago memiliki komentar kocak perihal koleganya, Aji Santoso. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Jacksen F. Tiago

Jacksen F. Tiago akan memasuki tahun ketiga melatih Barito Putera. Arsitek asal Brasil ini ingin membawa Barito Putera berprestasi di musim ini.

"Juara. Itu saja sudah. Juara itu cuma satu dari 18. Pasti berat. 17 gagal, dan satu juara. Namun kami mencoba jalankan amanah itu," ujar Jacksen.

"Yang pasti musim ini lebih berat dibandingkan musim lalu. Saya merasa kekuatan tim-tim cukup merata," kata Jacksen.

Jacksen punya bekal untuk membawa Barito Putera menjadi juara Liga 1. Koleksi empat trofi Liga Indonesia menjadi modal pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Pemain Kunci

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Mauritius pada laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Jawa Barat, Selasa (11/9/2018). Indonesia menang 1-0 atas Mauritius. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Evan Dimas Darmono

Mendatangkan Evan Dimas adalah sebuah keberhasilan bagi Barito Putera. Banyak tim, termasuk klub luar negeri, yang mengincar gelandang berusia 24 tahun tersebut.

Evan Dimas akan menjadi jenderal lapangan tengah Barito Putera. Dapat dipastikan, lini depan Laskar Antasari bakal dimanjakan dengan umpan-umpan manisnya.

Samsul Arif

Samsul Arif benar-benar representasi dari tua-tua keladi. Pada musim lalu, penyerang berusia 33 tahun itu berhasil mengumpulkan 14 gol.

Dua musim sebelumnya, atau pada Liga 1 2017, Samsul Arif mencatatkan 16 gol bagi Persela. Untuk Liga 1 2019, mantan pemain Persib Bandung ini tetap akan menjadi andalan Barito Putera.

Skuat

Pemain Barito Putera, Gavin Kwan berpose saat Peluncuran Shopee Liga 1 di SCTV Tower, Jakarta, Senin (13/5). Sebanyak 18 klub akan bertanding pada Liga 1 mulai tanggal 15 Mei. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Penjaga Gawang: Rajiv Abizal, Muhamad Riyandi, Yoo Jae-hoon, Adhitya Harlan.

Belakang: Yuswanto Aditya, Ady Setiawan, Ahmad Bahtiar, Dandi Maulana, Donny Harold, Lucas da Silva, Artur Vieira, Rony Beroperay, Andri Ibo, Nazar Nurzaidin, Rizky Pora, Gavin Kwan Adsit.

Tengah: Nazarul Fahmi, Paulo Sitanggang, Afandi Yusuf, Rafi Syaharil, Sandy Ferizal, Bayu Pradana, Evan Dimas Darmono.

Depan: Friska Womsiwor, Samsul Arif, Ferdiyansyah, Kahar Musakkar, Rafael Silva, Yakob Suyari, Imanuel Rumbiak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

April 2019, Ekspor Indonesia Turun 10,8 Persen

Posted: 14 May 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada April 2019 mengalami penurunan sebesar 10,8 persen dibanding ekspor bulan sebelumnya.

Ekspor Indoensia pada April tercatat sebesar USD 12,60 miliar sedangkan pada bulan sebelumnya ekspor sebesar USD 14,12 miliar.

"Ekspor pada April 2019 tercatat sebesar USD 12,60 miliar," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantor Pusat Badan Pusat Statistik, Jakarta, Rabu (15/5/2019)

Suhariyanto mengatakan, ekspor pada April mengalami penurunan karena sektor migas dan non migas turun cukup signifikan. Sektor migas turun sebesar 34,95 persen sedangkan non migas turun sebesar 8,68 persen.

"Ekspor migas pada April sebesar USD 0,74 miliar dan non migas sebesar USD 11,86 miliar," jelasnya.

Menurut sektor, ekspor seluruh komponen penyusun mengalami penurunan. Sektor non migas, pertanian mengalami penurunan sebesar 6,74 persen secara month to month (mtm) dengan nilai ekspor sebesar USD 0,25 miliar.

Sementara itu, pada sektor industri pengolahan pengolahan turun tajam sebesar 9,04 persen secara mtm dengab nilai ekspor sebesar USD 9,42 miliar. Lalu pertambangan lainnya mengalami penurunan sebesar 7,31 persen dengan nilai ekspor sebesar USD 2,19 miliar.

"Ekspor Indonesia menurut sektor angkanya tidak terlalu bagus karena semua merah (mengalami penurunan)," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

SUmber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Sosok Doris Day, Penyanyi 'Que Sera, Sera' yang Meninggal Akibat Pneumonia

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelantun lagu "Que Sera Sera', Doris Day dikabarkan meninggal dunia pada 13 Mei 2019 lalu. Kabar meninggal penyanyi ini diberitakan dalam keterangan resmi dari yayasan hewan milik Doris Day, yaitu Doris Day Animal Foundation.

Keterangan resmi tersebut mengatakan Doris Day meninggal pada hari Senin, 13 Mei 2019 di kediamannya Carmel Valley, California. Dalam surat tersebut juga menjelaskan bahwa wanita kelahiran 3 April 1922 ini meninggal akibat penyakit Pneumonia  atau radang paru-paru.

"Dalam kesehatan fisik yang sangat baik untuk usianya, sampai baru-baru ini terjangkit kasus pneumonia yang serius," tulisnya dalam keterangan tersebut.

"Dia dikelilingi oleh beberapa teman dekat saat dia meninggal dunia," lanjutnya.

Kabar meninggalnya Doris Day ini tentu menjadi duka yang mendalam bagi para fans serta keluarga serta kerabat. Hingga kini, perbincangan Doris Day serta ucapan bela sungkawa masih ramai di media sosial. Nah, siapa sebenarnya sosok Doris Day? Berikut Liputan6.com Rabu (15/5/2019) rangkum dari berbagai sumber sosok Doris Day.

 

1. Mengawali Karier sejak 1939

Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)

Ia mengawali kariernya sebagai penyanyi band besar tahun 1939. Popularitasnya melejit setelah ia merilis lagu pertamanya, "Sentimental Journey" pada tahun 1945. Lagu pertama yang direkamnya bersama Les Brown adalah "Sentimental Journey", dan ternyata berhasil menjadi lagu hit. 

Bahkan lagu tersebut sering diputar untuk menyambut kembalinya pasukan yang bertugas di Perang Dunia II. Setelah keluar dari Les Brown & His Band of Renown untuk merintis karier solo, ia merekam lebih dari 650 lagu sejak tahun 1947 sampai 1967. Ia pun dikenal sebagai salah satu penyanyi terpopuler dan termasyhur pada abad ke-20.

Dalam semasa hidupnya, Day pernah mendapatkan beberapa penghargaan. Diantaranya  Grammy Lifetime Achievement Award dan Legend Award dari Society of Singers.

 

 

 

2. Bintang Perempuan Ternama pada tahun 1960-an

Doris Day (Sumber: Instagram/ dorisdaytoday)

Karier film Day berawal dari film Romance on the High Seas pada tahubn 1948. Tak disangka, kesuksesan film ini memantapkan Day untuk mendalami dunia peran selama dua puluh tahun berikutnya. Berbagai jenis film ia bintangi, termasuk film musikal, komedi, dan drama.

Bahkan, Doris merupakan bintang film perempuan ternama pada awal 1960-an dan pemeran terpopuler keenam pada tahun 2012.  Namanya mulai lekat sebagai penyanyi lagu Que Sera Sera sejak bermain film bersama James Stewart dalam film The Man Who Knew Too Much pada tahun 1956 . Di mana ia kemudian mempopulerkan lagu Que Sera, Sera dan menjadi ciri khas bagi Doris. 

 

3. Aktivis Kesejahteraan Hewan

Doris Day (Sumber: Facebook Doris Day Animal Foundation (DDAF))

Selain sibuk berkarier di dunia hiburan, Doris Day diketahui juga aktif sebagai aktivis kesejahteraan hewan. Ia mendirikan Doris Day Foundation sejak tahun 1978. Organisasi tersebut bertujuan untuk membantu merawat serta melindungi hewan. Dalam laman Facebook  Doris Day Foundation (DDAF) mengucapkan terimakasih atas ucapan bela sungkawa yang telah diberikan pada penyanyi legendaris ini. 

"Terima kasih untuk pesan-pesan yang tulus, cinta dan dukungan yang diberikan. Doris dicintai oleh semua juga  untuk hewan-hewan. Doris Day Animal foundation berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaannya untuk membantu hewan dan orang-orang yang mencintai hewan tersebut dengan pendanaan organisasi nirlaba ini. Oleh karena itu kami masih membutuhkan bantuan dalam pekerjaan mereka,  bagi yang peduli untuk dan melindungi hewan. Terima kasih sekali lagi" tutur akun facebook tersebut. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bendungan Karraloe di Gowa Bakal Rampung pada 2020

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terus meningkatkan jumlah tampungan air di Sulawesi Selatan untuk mendukung ketahanan pangan dan air.

Salah satunya, dengan membangun Bendungan Karalloe di Gowa, Sulawesi Selatan. Bendungan Karalloe merupakan salah satu dari program pembangunan 65 bendungan yang bertujuan menambah tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke sawah terjaga.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan meningkatkan kapasitas tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke sawah terjaga.

Saat ini, dari 7,3 juta hektar lahan irigasi, hanya 11 persen yang mendapatkan jaminan air dari bendungan. 

"Melalui program pembangunan 65 bendungan maka akan bertambah menjadi 19-20 persen (lahan irigasi yang mendapat jaminan air dari bendungan)," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/5/2019).

 Perkembangan pembangunan Bendungan Karalloe yang berlokasi 137 km ke arah tenggara Kota Makassar ini mencapai 50 persen dan ditargetkan selesai pada Mei 2020. Pengerjaan bendungan terbagi dalam dua paket yang konstruksinya mulai dikerjakan pada Desember 2013.

Paket I mencakup pembangunan bendungan utama, bangunan pelimpah, relokasi dan rehabilitasi jalan menuju bendungan, dan terowongan pengelak. Realisasi pengerjaan fisik paket I telah mencapai 79,9 persen dengan target selesai akhir 2019. 

Biaya pengerjaan Paket I bersumber dari APBN pada tahun anggaran jamak (2013-2019) sebesar Rp 568 miliar. 

Paket II merupakan lanjutan paket I yang dianggarkan sebesar Rp 657 miliar bersumber dari APBN TA 2008–2020 (multi years).

Pekerjaan paket II meliputi timbunan tubuh bendungan, proteksi galian, intake, instrumentasi, hidromekanikal, serta pembangunan instrumen yang bersifat mekanikal dan elektrik dengan perkembangan konstruksi 25,2 persen. Seluruh  paket dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya (Persero). 

Bendungan Karalloe akan memiliki kapasitas tampung 40,53 juta m3 dengan luas genangan 145 hektare (ha).

Manfaatnya akan dapat mengairi daerah irigasi seluas 7.004 ha, sumber air baku dengan kapasitas 440 liter per detik, pengendali banjir dengan kapasitas 2.020 m3 per detik, dan memiliki potensi pembangkit tenaga listrik sebesar 4,5 megawatt.

 

Sempat Tertunda Pengerjaannya

Bendungan Karraloe (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi menyatakan, pekerjaan bendungan sempat tertunda 3 bulan lantaran terdampak banjir bandang pada akhir Januari 2019.

Pekerjaan konstruksi dialihkan untuk bersih-bersih dan pemulihan bangunan yang rusak pascabanjir selama 3 bulan. 

"Tetapi pekerjaan lain terus kita kebut. Misalnya pembebasan lahan saat ini sudah 93,88 persen atau 216,48 hektare dari 230, 59 hektare lahan yang dibutuhkan," ujar Hari Suprayogi. 

Selain bendungan Karalloe, Kementerian PUPR melalui Ditjen Sumber Daya Air juga telah membangun bendungan lain di Sulawesi Selatan, diantaranya Bendungan Paselloreng dan Pamukkulu. 

Bendungan Paselloreng memiliki luas genangan 169 hektare dengan kapasitas tampung 138 juta m3 untuk mengairi 7 ribu hektar sawah. Bendungan Pamukkulu dengan luas genangan 126 ha, kapasitas tampung 97,3 juta m3.

Manfaatnya akan mengairi irigasi seluas 6.256 ha, sumber air baku sebesar 0,13 m3 per detik, dan mengurangi banjir 2,5 m3/detik. 

 

Bendungan Gondang Terisi Air Penuh pada Oktober 2019

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang terletak di  Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang berlokasi di Sungai Garuda, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, 2 Mei 2019.

Konstruksi Bendungan Gondang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk sejak 30 Mei 2014 dengan nilai kontrak Rp 595 miliar. Pengerjaan meliputi pembangunan coverdam, inletterowongan, outlet terowongan, bendungan utama, spillway, tower intake, landscaping, dan mekanikal elektrikal.

Direktur Operasi III PT Waskita Karya (Persero) Tbk Fery Hendriyanto mengungkapkan bendungan ini akan meningkatkan produktifitas para petani.

"Dengan adanya suplai air dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya dapat satu kali tanam setahun, diharapkan nantinya akan bisa 2-3 kali tanam," ungkap dia di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.

Bendungan Gondang yang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dibangun untuk memenuhi kebutuhan air baku ibu kota Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen. Dengan debit 200 liter per detik bagi 200.000 jiwa, dan irigasi lahan pertanian seluas 4.680 hektar.

Selain itu bendungan ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir, pembangkit listrik mikrohidro 0,2 MW, destinasi wisata dan menjadi konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Garuda.

Terkait jadwal pengisian awal bendungan dengan air, ditargetkan Bendungan Gondang bisa mulai penuh terisi air pada Oktober 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Mengantuk di Kantor Saat Puasa? Ini 8 Cara Mudah Mengatasinya

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat bulan Ramadan, umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa adalah menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga, serta segala sesuatu yang bisa membatalkannya, dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari.

Meskipun menjalankan ibadah puasa, umat Islam di dunia juga tetap menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Contohnya saja, umat Islam yang sekolah akan tetap berangkat sekolah, begitu pula orang yang bekerja, maka mereka juga tetap harus menjalankan pekerjaannya.

Meskipun menjalankan puasa, umat Islam harus tetap melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa. Puasa memang bisa memberikan dampak yang positiv bagi kesehatan tubuh. Namun wajar bila seseorang yang berpuasa pasti akan merasa lemas hingga mengantuk karena mereka tidak makan dan juga minum selama seharian.

Lemas dan mengantuk mungkin menjadi masalah yang sering dirasakan oleh sebagian orang yang menjalankan ibadah puasa. Namun hal ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga banyak nutrisi saat sahur. Atau kamu juga bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat tubuhmu menjadi lebih segar lagi dan tidak mengantuk.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa cara mudah mengatasi rasa kantuk saat bekerja yang bisa kamu praktikkan, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/5/2019).

Cara Mudah Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

Ilustrasi kantor dan tempat kerja. (iStockphoto)

1. Jangan terlalu banyak diam

Jika kamu sedang berada di kantor, usahakan untuk tidak terlalu sering berdiam diri. Cobalah untuk sesekali berbincang, berdiskusi atau bercerita kepada teman kantormu. Karena dengan kamu tidak melakukan apa-apa di kantor, akan membuatmu lebih mudah merasa mengantuk.

2. Jangan terlalu terpaku dengan gadget

Salah jika kamu beranggapan bahwa dengan bermain gadget akan membuat rasa kantuk menjadi hilang. Terlalu terpaku dengan gadget akan membuat kamu hanya terfokus pada satu titik saja dan membuat pandanganmu menjadi monotn. Hal ini bisa memicu rasa lelah dan kantuk. Jadi usahakan untuk tidak terpaku dengan gadget.

3. Jangan mencuci muka

Mungkin banyak orang yang menganggap dengan mencuci muka, maka rasa ngantuk akan menghilang. Namun hal ini adalah salah. Mencuci muka memang bisa membuat kamu menjadi lebih segar, namun hanya pada beberapa saat saja. Setelah itu, rasa ngantuk akan kembali dan lebih parah lagi.

4. Jangan duduk terlalu lama

Jangan keseringan duduk terlalu lama di kursi tempat kerja. Sesekali berjalan-jalan lah mengelilingi kantor. Mellakukan perenggangan beberapa menit, bisa membuat rasa kantuk menjadi hilang. Jika kamu merasakannya lagi, maka ulangi kegiatan tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Rasa Kantuk saat Bekerja

Ilustrasi sinar matahari. Sumber foto: unsplash.com/Maxime Bhm.

5. Atur pernafasan

Atur pernafasan dengan latihan oksigenasi. Kamu bisa mengatur pernafasanmu seperti menarik oksigen dan menghembuskannya beberapa kali untuk menghilangkan rasa kantuk yang menyerangmu.

6. Mengedipkan mata beberapa kali

Jika kamu merasa mengantuk, kedipkan mata beberapa kali dengan cepat. Cara ini biasanya mampu mengurangi rasa kantuk. Lakukan beberapa kali dalam beberapa menit.

7. Cari sinar matahari

Kamu juga bisa menggunakan sinar matahari untuk menghilangkan rasa kantuk yang sedang kamu rasakan. Sinar matahari akan membuat matamu menjadi lebih segar dan juga menghilangkan rasa kantuk yang sedang kamu rasakan.

8. Tidur siang sebentar

Jika di kantormu ada waktu istirahat, maka gunakanlah untuk tidur siang. Tidur siang selama 30 sampai dengan 40 menit bisa efektif menghilangkan rasa kantuk. Tidur siang ini juga bagus untuk kesehatan. Namun jangan sampai kebablasan ya.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika mengantuk di kantor pada waktu bulan puasa. Selamat mencoba.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WhatsApp Dibobol, Kaspersky: Peretas Bisa Akses Data Pengguna

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini aplikasi pesan yang dipakai miliaran orang di dunia, WhatsApp, dikabarkan telah dibobol oleh hacker.

Hacker disebut-sebut menyematkan spyware melalui celah yang rentan di dalam aplikasi pesan milik Facebook ini.

Pihak WhatsApp pun meminta kepada seluruh pengguna untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Kabar tentang pembobolan WhatsApp oleh hacker inipun ditanggapi oleh perusahaan keamanan siber Kaspersky Lab.

Dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (15/5/2019), Kaspersky Lab menyebut, para pelaku kejahatan siber dapat mengeksekusi kode sembarang dalam aplikasi WhatsApp.

Menurut Kaspersky, tindakan tersebut dapat menyebabkan para pelaku tidak bertanggung jawab mendapatkan akses ke berbagai data yang disimpan dalam memori perangkat, seperti arsip korespondensi, kamera dan mikrofon.

 

Bisa Curi Seluruh Data Pengguna

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Anti-malware Expert di Kaspersky Lab, Victor Chebyshev, menyebut pelaku kejahatan siber memanfaatkan beberapa kerentanan, termasuk kerentanan zero-day untuk iOS.

"Serangan tersebut adalah serangan multi-stage yang memungkinkan pelaku kejahatan siber mendapatkan pijakan pada perangkat dengan menginstal aplikasi spyware di atasnya," kata Chebyshev.

Dia juga menyebut, kerentanan yang mengeksploitasi baik perangkat Android maupun iOS ini sangatlah berbahaya.

"Kami mengajak semua pengguna sesegera mungkin menginstalasi pembaruan yang di rilis pada perangkat lunak Anda untuk memblokir kerentanan yang dieksploitasi oleh malware," Chebyshev.

Kata WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

WhatsApp memperkirakan serangan dilakukan oleh hacker profesional dari perusahaan swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyebarkan spyware.

Oleh karenanya, WhatsApp meminta pengguna untuk segera meng-upgrade aplikasi ke versi terbaru.

"WhatsApp mendorong pengguna untuk segera meng-upgrade aplikasi ke versi terbaru dan memastikan sistem operasi ponsel tetap up-to-date untuk memproteksi dari serangan hacker. Kami segera bekerja sama dengan partner-partner kami untuk menyediakan sistem keamanan yang lebih baik," ujar juru bicara WhatsApp.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persija Jakarta Vs Shan United: Macan Bidik Akhir Indah

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta siap menyambut Shan United di laga terakhir Grup G Piala AFC 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), malam ini. Duel ini merupakan obat pelipur lara untuk Macan Kemayoran yang sudah tersingkir.

Berstatus sebagai juara Liga 1 2018 tak serta merta membuat laju Persija mulus di Piala AFC 2019. Dalam lima laga penyisihan, nyatanya pasukan Ivan Kolev terlihat kesulitan dan hanya mampu meraih sekali kemenangan, sekali imbang, dan tiga laga sisanya kalah.

Walaupun sudah tidak memiliki kepentingan apapun dalam laga melawan Shan United, pelatih Ivan Kolev menegaskan pihaknya ingin menutup Piala AFC 2019 dengan indah. Apalagi mereka membawa nama Indonesia dan akan bermain dihadapan puluhan ribu suporter di SUGBK.

"Besok kami akan memainkan pertandingan terakhir melawan Shan United. Pertandingan ini memang tidak ada pengaruhnya dengan situasi kami di klasemen grup, akan tetapi kami harus tetap serius dalam setiap pertandingan," kata Ivan Kolev dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (14/5/2019).

"Apalagi kami bermain dengan membawa Persija dan Indonesia. Jadi, kami akan berusaha maksimal untuk meraih kemenangan," tegas pria asal Bulgaria itu.

Sementara itu, situasi serupa juga dialami Shan United yang sudah dipastikan tersingkir. Namun, kondisi wakil Myanmar itu lebih para lagi karena sama sekali belum mampu meraih poin.

Shan United Terpuruk

Para pemain Persija Jakarta saat latihan di Lapangan Sutasoma Halim, Jakarta, Jumat (10/5). Latihan ini merupakan persiapan jelang laga Liga 1 Indonesia 2019. (Bola.com/Yoppy Renato)

Shan United terpuruk di dasar klasemen sementara Grup G Piala AFC 2019 dengan nol poin karena kalah dalam lima pertandingan. Pelatih Aung Naing, menilai timnya memang tak punya persiapan yang baik dalam menyambut turnamen ini, namun mereka tetap akan mengincar poin dalam laga melawan Persija.

"Kami tidak banyak memiliki ekspektasi untuk pertandingan besok, namun tetap akan mencoba memberikan yang terbaik," jelas Aung Naing.

"Setidaknya tim akan berusaha mengejar satu poin. Pertandingan besok, meskipun laga terakhir namun Shan United tetap akan berusaha menjaga image tim," ucap Aung Naing.

Pertandingan ini akan menjadi pertemuan kedua sepanjang sejarah. Pada pertemuan pertama, Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Shan United di Yangon, Myanmar (12/3/2019).

Prakiraan susunan pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper), Dany Saputra, Maman Abdurrahman, Steven Paulle, Ismed Sofyan (belakang), Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah), Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Bruno Matos (depan)

Pelatih: Ivan Kolev (Bulgaria)

Shan United (4-2-3-1): Phone Thitsar Min (kiper), Zaw Lin Oo, Htike Htike Aung, Ye Min Thu, Hein Phyo Win (belakang), Aung Show Thar Maung, Shwe Ko, Sa Aung Pyae Ko, Htet Phyo Wai, Hedipo Conceicao (tengah), Maycon (depan)

Pelatih: Aung Naing (Myanmar)

Head to head

12/3/2019 - Shan United 1-3 Persija Jakarta (Piala AFC 2019)

Lima pertandingan terakhir Persija Jakarta

  • 4/5/2019 - Persija Jakarta 1-0 Bali United (Piala Indonesia 2018)
  • 1/5/2019 - Becamex Binh Duong 3-1 Persija Jakarta (Piala AFC 2019)
  • 26/4/2019 - Bali United 2-1 Persija Jakarta (Piala Indonesia 2018)
  • 23/4/2019 - Persija Jakarta 2-3 Ceres-Negros (Piala AFC 2019)
  • 3/4/2019 - Ceres-Negros 1-0 Persija Jakarta (Piala AFC 2019)

Lima pertandingan terakhir Shan United

  • 11/5/2019 - Yangon United 1-2 Shan United (Myanmar National League)
  • 5/5/2019 - Southern Myanmar 0-0 Shan United (Myanmar National League)
  • 1/5/2019 - Shan United 0-5 Ceres-Negros (Piala AFC 2019)
  • 28/4/2019 - Ayeyawady United 2-2 Shan United (Myanmar National League)
  • 21/4/2019 - Rakhine United 0-0 Shan United (Myanmar National League)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Nyanyian Ulang Tahun untuk Jusuf Kalla

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wapres Jusuf Kalla merayakan ulang tahun yang ke-77 saat melakukan kunjungan kerja di Swiss. Ia mendapat kejutan dari staff dan istri tercinta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilabeli Aktor Internasional, Iko Uwais Tak Punya Waktu untuk Sombong

Posted: 14 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semester pertama tahun ini, beberapa aktor Indonesia menunjukkan kiprahnya di industri film dunia. Yahan Ruhian dan Cecep Arif Rahman membintangi John Wick Chapter 3: Parabellum. Maret lalu, Iko Uwais juga mendampingi Tony Jaa dan Tiger Hu Chen dalam film aksi Triple Threat.

Pencapaian ini mengukuhkan posisi Iko Uwais dan kawan-kawan sebagai aktor internasional. Mendapat label bergengsi tersebut, rupanya tidak membuat Iko Uwais silap mata.

"Tak ada yang berubah. Tetap saja istri saya nongkrong di rumah pakai celana pendek," seloroh Iko Uwais kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

Dengan membintangi Triple Threat dan dirilisnya John Wick Chapter 3: Parabellum, nama Indonesia makin harum.

"Istilahnya kami sudah pecah telur. Sekarang nama Indonesia sudah punya jalannya sendiri dan disadari oleh dunia. Selama ini orang luar berpikir bahwa Indonesia itu Bali. Padahal, Indonesia itu sangat luas dan Bali menjadi bagian dari Indonesia," Iko Uwais menukas.

Lebih Baik Berkarya

Salah satu adegan laga yang dimainkan Iko Uwais dalam film action The Raid.

Proses untuk go international, kata Iko Uwais, tidaklah instan. Bersama Joe Taslim, Yayan Ruhian, dan Cecep Arif Rahman, Iko Uwais memulai dari nol serta selangkah demi selangkah. Sejak tampil di film kelas dunia, jadwal kerja Iko Uwais makin padat. Tak ada waktu untuk berbangga apalagi menepuk dada.

"Untuk mengangkat dagu alias sombong, kami enggak ada waktu, deh. Daripada menyombongkan diri, lebih baik menghasilkan karya baru untuk Indonesia," pungkas Iko Uwais. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Di Swiss, JK Dapat Kejutan Ulang Tahun yang ke-77

Posted: 14 May 2019 09:26 PM PDT

Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapatkan kejutan ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK menerima ucapan ulang tahun dari segenap rombongan yang ikut dalam kunjungan kerja menghadiri Forum Global Platform Disaster Risk Reduction United Nation di Swiss. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Wakil Presiden Jusuf Kalla mendapatkan kejutan ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK menerima ucapan ulang tahun dari segenap rombongan yang ikut dalam kunjungan kerja menghadiri Forum Global Platform Disaster Risk Reduction United Nation di Swiss. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Mufidah Kalla memotong kue dan memberikannya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai acara kejutan ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK berkunjung ke Swiss untuk menghadiri sebuah pertemuan yang diinisiasi PBB dengan bahasan penanganan bencana. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Mufidah Kalla memotong kue dan memberikannya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai acara kejutan ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK berkunjung ke Swiss untuk menghadiri sebuah pertemuan yang diinisiasi PBB dengan bahasan penanganan bencana. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Mufidah Kalla memotong kue dan memberikannya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai acara kejutan ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK berkunjung ke Swiss untuk menghadiri sebuah pertemuan yang diinisiasi PBB dengan bahasan penanganan bencana. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Mufidah Kalla memotong kue dan memberikannya kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai acara kejutan ulang tahun ke-77 di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK berkunjung ke Swiss untuk menghadiri sebuah pertemuan yang diinisiasi PBB dengan bahasan penanganan bencana. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Mufidah Kalla mendapat ucapan selamat ulang tahun dari cucunya melalui panggilan video saat melakukan kunjungan kerja di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK berulangtahun yang ke-77. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Mufidah Kalla mendapat ucapan selamat ulang tahun dari cucunya melalui panggilan video saat melakukan kunjungan kerja di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK berulangtahun yang ke-77. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Mufidah Kalla saat kunjungan kerja di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK menerima kejutan ulang tahun ke-77 di sela kunjungan ke Swiss dari segenap rombongan yang menyertai Wapres RI menghadiri sebuah pertemuan yang diinisiasi PBB. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Mufidah Kalla saat kunjungan kerja di Jenewa, Swiss, Rabu (15/5/2019). JK menerima kejutan ulang tahun ke-77 di sela kunjungan ke Swiss dari segenap rombongan yang menyertai Wapres RI menghadiri sebuah pertemuan yang diinisiasi PBB. (Liputan6.com/Tim Media Wapres)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Gaya Hijab Personel JKT48, Lain dari Biasanya

Posted: 14 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hijab merupakan pakaian khusus para muslimah. Hal ini sesuai anjuran agama Islam yang menyerukan agar para muslimah menggunakan hijab untuk menutup auratnya. Namun, kini hijab sudah menjadi sebuah fashion yang digemari banyak orang, termasuk orang-orang di kalangan selebriti.

Dengan semakin banyaknya wanita muslim yang memiliki kesadaran untuk menutup aurat, tentu tak mengherankan jika hijab di Indonesia memiliki banyak variasi, dari bahan, model hijab hingga penggunaanya. Selain para aktris, kalangan entertainer yang tak sungkan untuk memamerkan gaya hijabnya adalah para idol muda, yakni personel JKT48

Seperti diketahui, JKT48 adalah grup vokal di mana dalam kesehariannya para personelnya tidak ada yang memakai hijab. Tak heran, jika momen ketika beberapa personel JKT48 ini memakai hijab, penampilan mereka dinilai lain dari biasanya. 

Gaya personel JKT48 saat memakai hijab ini sontak membuat para fans terpesona. Penasaran seperti apa gaya beberapa personel JKT48 saat memakai hijab? Berikut Liputan6.com Rabu (15/5/2019) rangkum dari berbagai sumber, 5 personel JKT48 yang tampil menawan dengan hijab.

1. Ayana Shahab

5 Gaya Hijab Personel JKT48, Lain Dari Biasanya (sumber: Instagram.com/JKT48achan)

Ayana Shahab adalah member JKT48 generasi pertama. Banyak yang mengagumi kecantikan wanita yang memiliki panggilan Achan ini. Cewek berusia 21 tahun ini menampilkan pesona tersendiri saat memakai hijab. Achan yang keturunan Jepang ini terlihat imut dengan hijab motif merah muda.

2. Beby Chaesara

5 Gaya Hijab Personel JKT48, Lain Dari Biasanya (sumber: Instagram.com/JKT48beby)

Personel JKT48 yang memesona dengan hijabnya ialah Beby Chaesara. Sama dengan Achan, Beby adalah personel JKT48 generasi pertama. Beby kini bergabung dengan JKT48 Tim KIII. Jika biasanya saat di atas panggung cewek berusia 21 tahun ini tampil dengan rambut panjangnya, di lain kesempatan ia tampil memesona dengan hijab dan dress panjang.

3. Shani Indira

5 Gaya Hijab Personel JKT48, Lain Dari Biasanya (sumber: Instagram.com/JKT48shani)

Personel JKT48 yang terlihat lain dari biasanya karena memakai hijab ialah Shani Indira. Shani bergabung di JKT48 pada generasi ke-3 dan kini Shani masuk dalam Tim KIII. Kecantikan Shani memang tak perlu diragukan lagi. Tak heran banyak yang mengaguminya, terlebih saat ia mengunggah foto dirinya yang tengah memakai hijab berwarna putih.

4. Fidly Immanda

5 Gaya Hijab Personel JKT48, Lain Dari Biasanya (sumber: Instagram.com/JKT48fia)

Fidly Immanda atau lebih sering disebut Fia tampil menawan dengan memakai baju tunik bermotif bunga yang dipadukan dengan hijab kuning. Fia adalah personel JKT48 generasi ke-4. Cewek berusia 18 tahun ini bergabung di JKT48 Tim T. Fia 

 

5. Syahfira Angela

5 Gaya Hijab Personel JKT48, Lain Dari Biasanya (sumber: Instagram.com/JKT48angel)

Angel merupakan personel JKT48 di Tim T. Cewek berusia 18 tahun ini sudah memiliki banyak fans. Selain karena bakatnya, Angel juga memukau fans dengan penampilannya yang anggun. Dalam kesehariannya, cewek bernama lengkap Syafira Angela ini pernah memamerkan gaya hijabnya yang memesona.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Solusi, Arsenal Disebut Tak Butuh Bek Baru

Posted: 14 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertahanan Arsenal musim ini diketahui sangat rapuh. Di Liga Inggris saja, Arsenal kebobolan 51 gol dalama 38 pertandingan.

Meski begitu, Arsenal dinilai tidak membutuhkan pemain baru di sektor pertahanan.Menurut sang legenda, Nigel Winterburn, The Gunners sejatinya telah memiliki solusi pemain untuk menambal pertahanan. 

Masalah pertahanan Arsenal sebenarnya sudah terjadi sejak musim lalu. Tapi karena jatah belanja pada dua bursa transfer kemarin mepet, The Gunners pun tak bisa bergerak leluasa untuk segera mengatasi permasalahan tersebut.

Pertahanan Arsenal pun semakin keropos belakangan ini, dengan catatan kebobolan 11 gol hanya dari lima laga Premier League. Klub asal London itu lalu menjadi tim dengan catatan kebobolan terbanyak kedua dari enam besar klasemen.

 

 

Sudah Punya Jawabannya

Bek Arsenal, Rob Holding, berebut bola dengan pemain Vorskla, Vladyslav Kulach, pada laga Liga Europa di Stadion Emirates, London, Kamis (20/9/2018). Arsenal menang 4-2 atas Vorskla. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Sama seperti sebelumnya, Arsenal diyakini masih akan kesulitan untuk membeli pemain pada bursa transfer berikutnya. Bahkan menurut sebuah laporan, Unai Emery hanya diberikan dana sebesar 45 juta euro saja jika gagal menembus Liga Champions.

Demi mengakali itu, Emery diyakini akan melepas beberapa pemain bintang yang bisa menghasilkan uang seperti Mesut Ozil dan Henrikh Mkhitaryan. Dana dari penjualan keduanya diyakini akan dialokasikan untuk mencari tambahan bek baru.

Tapi Winterburn, yang pernah membela Arsenal selama 13 tahun, merasa bahwa Emery tak perlu repot-repot menjual pemain. Sebab ada satu pemain yang dirasa bisa menjadi solusi permasalahan The Gunners selama ini, dan orang itu adalah Rob Holding.

Kepada Love Sport Radio, Winterburn berkata: "Ada banyak perbincangan yang berkata bahwa mereka perlu memperkuat pertahanan. Tapi saya pikir Emery akan melihat sosok seperti Rob Holding, yang tampil fantastis selama enam bulan lalu mengalami cedera serius,".

Cedera Parah

Rob Holding adalah pemain yang direkrut oleh Arsenal dari Bolton pada tahun 2016 lalu dengan mahar sebesar 2,7 juta pounds. Pada musim ini, ia sempat mencatatkan total 18 penampilan dari berbagai kompetisi.

Kemalangan menimpa dirinya di bulan Desember lalu. Pemain berumur 23 tahun itu harus menepi dari lapangan karena mengalami cedera parah. Hingga sekarang, masih belum diketahui kapan ia akan kembali merumput.

"Dia muncul dan terlihat sangat, sangat konsisten. Itu adalah sebuah kasus yang dirasa Emery perlu diperkuat," tandasnya.

Sebelum memikirkan bursa transfer, Arsenal harus melakoni partai sengit melawan Chelsea di babak final Liga Europa. Pertandingan itu sendiri bakalan berlangsung pada akhir bulan Mei nanti di Baku, Azerbaijan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antusiasme Wulan Guritno Kawal Anak Keduanya Puasa Sehari Penuh

Posted: 14 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orangtua yang beragama Islam tentu harus mendidik anaknya untuk menjalankan puasa Ramadan.

Hal yang sama juga dilakukan Wulan Guritno kepada anak keduanya yang berusia delapan tahun, London Dimitri. Wulan Guritno pun sangat bahagia karena London telah berpuasa satu hari penuh.

Padahal, Wulan Guritno sendiri tindak memaksa anaknya untuk berpuasa dari Subuh hingga azan Maghrib berkumandang.

"Sebenarnya bukan keinginan aku karena aku juga masih kayak 'London, nak puasa setengah hari ya' tapi dia enggak mau," imbuh Wulan Guritno saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (15/5/2019).

 

Puasa Penuh

(Instagram/wulanguritno)

"Kemarin sempat batuk aja enggak mau buka. Aku bilang 'minum obat dulu nanti kalau batuknya sembuh lanjut lagi'. Tapi dia enggak mau, dia tetap kekeuh puasa full. Akhirnya batuknya hilang mungkin karena niat berpuasa ya," sambungnya.

Dengan keseriusan sang anak untuk berpuasa, Wulan Guritno berniat memberi hadiah. Namun hal ini masih dirahasiakan karena ia ingin London berpuasa dengan niat yang tulus karena Tuhan.

 

Siapkan Hadiah

Wulan Guritno (Bambang E. Ros/Fimela.com)

"Surprise aja, tapi dari lubuk hati aku yang paling dalam begitu nanti full satu bulan, baru aku 'nih rewardnya karena kamu berhasil puasa satu bulan full' gitu," ucap artis 38 tahun tersebut.

"Kalau dijanjiin sekarang takutnya nanti dia targetnya beda. kalau sekarang aku agak amazed. Ya namanya ibu punya anak yang kayak gitu berkah lah ya gitu," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Marquez Ungkap Kekuatan Terbesar Alex Rins di MotoGP 2019

Posted: 14 May 2019 09:15 PM PDT

Paris- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez salut dengan penampilan Alex Rins (Suzuki Ecstar) di MotoGP musim ini. Dia menilai Rins punya keuntungan yang tidak dimiliki pembalap lainnya.

Menurut Marquez, Rins tak mendapat tekanan apa pun sehingga bisa tampil lepas di setiap balapan. 

Rins mencuat sebagai salah satu kandidat juara dunia setelah tampil impresif pada awal musim ini. Setelah juara di MotoGP Austin, Rins juga finis sebagai runner-up pada MotoGP Jerez pekan lalu. 

Pembalap muda Spanyol itu kini bercokol di peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2019, mengungguli Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang menghuni posisi ketiga dan keempat. Dia hanya kalah dari Marquez yang berkibar di puncak klasemen. Namun, kedua pembalap hanya dipisahkan margin satu poin. 

Marquez masih menilai Dovizioso sebagai pesaing terberatnya pada pacuan juara dunia musim ini. Tapi, Baby Alien tak bisa mengabaikan Alex Rins.  

"Saya sudah bilang di Malaysia (pada pramusim), Alex akan berada di sana (persaingan papan atas), karena dia finis bagus musim lalu. Dia juga mengawali musim ini dengan baik, membalap dengan sangat bagus saat pramusim," kata Marquez, seperti dilansir Motorsport, Selasa (14/5/2019). 

"Poin terkuatnya adalah dia tak mendapat tekanan saat ini. Tentu saja tekanan itu akan datang. Memang benar. Saat ini, jika finis kedua dia sangat senang, ketika juara luar biasa, ketika finis ketiga juga senang," imbuh Marquez. 

"Dia menjadi rival baru dalam perebutan juara dunia. Dia siap untuk bertarung jadi juara dunia dan motornya juga mendukung," kata Marquez jelang bergulirnya MotoGP Prancis.

 

 

Kelemahan Rins

Namun, Rins juga masih punya kelemahan, yaitu saat kualifikasi. Pembalap Suzuki itu belum pernah start lebih baik dibanding posisi ketujuh pada empat balapan awal musim ini. 

Hal itu juga disadari Rins.  "Ya, kami masih harus bekerja keras saat kualifikasi," kata Rins setelah hanya menempati start kesembilan di MotoGP Jerez.  

"Saya senang jika bisa start lebih baik, tapi itu sulit. Ini MotoGP, kami berusaha melahap lap dengan cepat, tapi berat. Saya akan berusaha memperbaiki diri," imbuh Rins.  

Rins mengaku tak tahu pasti mengapa bermasalah saat kualifikasi. "Sejujurnya, saya tak tahu (penyebabnya). Seperti yang saya katakan sebelumnya, kami perlu memperbaiki area pengereman, mungkin saat kualifikasi. Jika kami memperbaiki sektor ini, mungkin akan lebih mudah," ujar Rins. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Ini Akibatnya Jika Agama Disalahpahami

Posted: 14 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mutiara Hati Quraish Shihab kali ini mengangkat tema 'Agama yang Disalahpahami'. Agama terdiri dari bentuk-bentuk formal dan substansi. Bila substansi agama diabaikan, yang tersisa dari agama hanya bentuk-bentuk.

Jika itu terjadi menurut Quraish Shihab, salat akan menjadi gerak-gerik tertentu. Puasa hanya sekedar menahan lapar, zikir hanya gerak di lidah dan pengulangan kalimat.

Sementera, khusyuk hanya kepura-puraan yang dilakukan dengan menunduk atau bahkan menangis.

"Ilmu hanya dijadikan hiasan lidah. Jihad hanya dijadikan kebanggaan. Kewajiban sosial terbengkalai dan kepentingan pribadi lebih menonjol," ungkap cendikiawan muslim ini. 

Bicara soal anjuran kebajikan. Di saat yang tersisa dari agama hanya bentuk-bentuk, anjuran tersebut dianggap mengacaukan dan bangkit melawan kezaliman dianggap pemecah belah.

Ketika itu ma'ruf menjadi mungkar dan mungkar menjadi ma'ruf. Sudah sedemikianlah keadaan keberagamaan kita? Hanya Allah yang tahu. Tapi semoga tidak demikian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Smartphone yang Ditinggalkan WhatsApp Jadi Sorotan

Posted: 14 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat ini, sejumlah smartphone dipastikan bakal tidak bisa menggunakan layanan olah pesan milik Facebook, yakni WhatsApp.

Daftar smartphone yang bakal ditinggalkan oleh WhatsApp tersebut menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Selasa (14/5/2019).

Selain itu, ada juga dua artikel lain yang tak kalah populernya, seperti WhatsApp dibobol hacker, dan pernyataan Jack Ma meminta karyawan untuk banyak bercinta.

Tanpa berpanjang lebar, kamu bisa simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Ini Deretan Smartphone yang Ditinggalkan WhatsApp, Cek Ponselmu Sekarang

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

WhatsApp akan menghentikan dukungannya pada beberapa smartphone dengan sistem operasi lawas. Dilansir Mail Online, hal ini tertulis dalam fitur FAQ (Frequently Asked Questions).

Windows Phone sudah menjadi sasaran utama penghentian dukungan aplikasi mengirim pesan ini. Bukan cuma itu, smartphone berbasis Android dan iOS juga menjadi sasaran selanjutnya.

Untuk Android versi 2.3.7 ke bawah dan iOS 7 ke bawah siap-siap akan dihentikan dukungan mengirim pesan via WhatsApp.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Hacker Bobol WhatsApp, Kamu Harus Segera Lakukan Ini

Ilustrasi hacker (iStockPhoto)

WhatsApp dikabarkan dibobol hacker. Para hacker menyematkan spyware melalui celah-celah yang rentan di dalam aplikasi.

Dilansir Sky News, Selasa (14/5/2019), beberapa pengguna sudah terserang namun belum jelas berapa jumlah device yang terdeteksi. Mereka baru menemukan hal ini awal Mei.

WhatsApp memperkirakan, serangan dilakukan oleh hacker-hacker profesional dari perusahaan swasta yang bekerja sama dengan pemerintah untuk menyebarkan spyware.

Selengkapnya baca di sini

3. Jack Ma Dikecam Gara-Gara Minta Karyawan untuk Banyak Bercinta

Jack Ma pernah menjadi seorang guru Bahasa Inggris dengan bayaran hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan.

Pendiri sekaligus pemimpin Alibaba Jack Ma lagi-lagi dikritik oleh banyak orang. Kali ini kata-kata Jack Ma menuai kecaman karena menyarankan karyawannya agar banyak bercinta.

Tanpa ragu, Jack Ma menyarankan agar karyawannya bercinta enam kali dalam enam hari.

Salah satu orang terkaya di Tiongkok ini memberi saran tersebut di pesta pernikahan massal karyawannya yang bertajuk Ali Day pada 10 Mei di kantor pusat Alibaba di Hangzhou, Tiongkok.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PANRB Tegaskan LP5N Bukan Lembaga Resmi Pemerintah

Posted: 14 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menegaskan tidak ada lembaga resmi yang bernama Lembaga Pusat Pengendali Pengangkatan dan Pembelanjaan Pegawai Negara (LP5N).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian PANRB, Mudzakir mengatakan, banyak masyarakat yang mengkonfirmasi kebenaran terkait LP5N.

"Kami tegaskan, tidak ada lembaga yang bernama LP5N. Jika ada yang mengatasnamakan sebagai pegawai LP5N, sudah pasti itu oknum yang mempunyai tujuan tertenju," tegas Mudzakir, Rabu (15/5/2019).

Mudzakir menyatakan, beberapa hari terakhir ini banyak masyarakat yang mempertanyakan kebenaran soal LP5N, baik melalui media sosial resmi milik Kementerian PANRB maupun datang langsung ke Kantor Kementerian PANRB.

Salah seorang pengadu yang datang Ke Kementerian PANRB, Susi, mengatakan telah tertipu oleh oknum yang mengaku pegawai LP5N dan menjanjikan kelulusan.

Susi mendaftarkan dirinya dan dua saudaranya ke LP5N supaya lulus sebagai Calon Pegawai Negara (CPN). CPN sendiri merupakan istilah yang dipakai oleh LP5N. 

"Karena dijanjikan lulus, saya telah mentransfer uang sebesar 150 juta ke pegawai LP5N ini," ujar Susi.

Ia mengatakan, saat ini nomor dari pegawai LP5N tersebut tidak bisa dihubungi. Untuk itu, Mudzakir mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan pemerintah dan menjajikan kelulusan untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

"Hati-hati dan selalu cross check ke Kementerian PANRB terkait keberadaan lembaga pemerintah dan juga informasi terkait seleksi CPNS maupun PPPK. Dan untuk korban penipuan, kami imbau untuk segera melapor polisi supaya diusut tuntas dan tidak ada korban lainnya lagi," ujar dia.

 

FHK2 PGRI Perjuangkan Guru Honorer Swasta Jadi PNS

Pengurusan kenaikan pangkat dan pensiun secara online dapat dapat meminimlisir terjadinya praktek pungutan liar.

Sebelumnya, Pemerintah telah memberi kesempatan bagi tenaga honorer untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau disebut PNS dengan membuka dua kali tahapan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada 2019.

Pada tahap pertama seleksi PPPK, pegawai honorer kategori 2 atau K2 menjadi prioritas, terutama untuk formasi tenaga pendidik atau guru.

Pengurus Pusat Forum Honorer K2 Persatuan Guru Republik Indonesia (FHK2 PGRI), Riyanto Agung Subekti, mengapresiasi upaya pemerintah yang sudah mau peduli terhadap jasa tenaga honorer.

Namun, ia mencermati, masih banyak kaum honorer yang harus diperjuangkan lantaran belum bisa tergapai oleh perekrutan ini.

"Sekarang kami terima kasih juga kepada pemerintah, teman-teman sudah di-PNS-kan. Ada yang di-PPPK-an. Sisanya ini yang belum punya status yang harus diperjuangkan terus. Kesejahteraannya masih di bawah standar hidup layak," ungkap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis, 2 Mei 2019..

Pria yang akrab disapa Itong ini menyampaikan, FHK2 akan terus memperjuangkan rekan-rekan guru honorer yang belum terfasilitasi untuk menjadi PNS atau ASN lewat seleksi PPPK. Khususnya yang berstatus sebagai guru swasta.

"Kami akan tetap fokus berjuang pada teman-teman yang belum ter-cover. Terutama mengenai status dan kesejahteraan teman-teman yang jadi guru swasta juga," seru dia.

Itong berharap, pemerintah tidak menutup mata terhadap guru honorer swasta yang juga telah berjasa dalam mencerdaskan generasi muda bangsa.

"Kebetulan kami ini bekerja di instansi pemerintah. Tapi kami akan terus merangkul kepada guru-guru yang ada di lembaga swasta, seperti yayasan, PAUD, itu juga harus diperjuangkan (jadi PNS)," ujar dia.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

China Resmi Memblokir Situs Wikipedia dalam Semua Bahasa

Posted: 14 May 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Otoritas China telah memblokir penuh situs Wikipedia dalam segala bahasa sejak April lalu, lapor pengelola situs ensiklopedia multibahasa tersebut, pekan ini.

Peneliti sensor internet menemukan bahwa Wikipedia telah bergabung dengan ribuan situs web lainnya yang tidak dapat diakses di China, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Rabu (15/5/2019).

Sebelumnya, China diketahui telah melarang tayangnya situs Wikipedia dalam bahasa Mandarin, namun kini pemblokiran tersebut diperluas hingga ke seluruh bahasa yang digunakan.

Induk perusahaan Wikipedia, Wikimedia Foundation, mengaku tidak menerima pemberitahuan apapun dari pemerintah China tentang pemblokiran tersebut, hingga kemudian terdeteksi akhir bulan lalu.

Dalam sebuah pernyataan, Wikimedia mengatakan: "Pada akhir April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China. Setelah menganalisis dengan cermat laporan lalu lintas internal kami, dapat dikonfirmasi bahwa Wikipedia telah diblokir di semua versi bahasa."

Ensiklopedia yang disunting secara gratis oleh berbagai komunitas ini kerap kali diblokir oleh banyak pemerintah di seluruh dunia.

Pada 2017, situs itu diblokir di Turki dan telah diblokir beberapa kali di Venezuela, tahun ini.

 

 

Diblokir Sejak 22 April 2019

Menentukan penyebab gejala penyakit dari situs seperti Wikipedia mungkin merupakan ide buruk.(Wikimedia Commons)

Sebuah kelompok pemantau sensor terpisah, Greatfire.org, mengatakan China telah memblokir akses ke Wikipedia sejak 22 April 2019.

Dikutip dari PC Media pada hari Rabu, pengguna lokal di platform media sosial China mengatakan mereka juga mengalami kesulitan dalam mengakses situs tersebut.

Tidak jelas mengapa pemerintah China memblokir situs Wikipedia. Tetapi, beberapa pengamat berspekulasi itu mungkin terkait dengan peringatan 30 tahun tragedi Lapangan Tiananmen, pada 4 Juni mendatang.

Secara umum, pemerintah Chian telah melarang semua diskusi tentang peristiwa tersebut, di mana Beijing menggunakan kekuatan militer untuk memeras gerakan pro-demokrasi yang dipimpin oleh mahasiswa.

Namun, beberapa pihak menduga pemblokiran Wikipedia hanya bersifat sementara.

Pada Januari lalu, China secara misterius memblokir dan membuka kembali situs pencarian milik Microsoft, Bing.

China Sensor Ketat Lalu Lintas Internet

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)

Selama bertahun-tahun, China secara selektif memblokir halaman-halaman tertentu di Wikipedia, yang dinilai kritis terhadap pemerintahan komunis.

Namun, pada 2015, China mulai memblokir semua akses ke halaman bahasa Mandarin di Wikipedia, setelah situs ensiklopedia itu pindah ke enkripsi HTTPS secara default, guna melindungi pengguna dari pengawasan yang tidak beralasan.

Untuk mengakses situs web yang disensor oleh pemerintah China, banyak pengguna memanfaatkan layanan VPN, yang akan memungkinkan mereka terhubung ke internet melalui server di luar negeri.

Sebagai tanggapan, China telah mencoba untuk menindak penggunaan VPN dengan ancaman denda, terhadap siapa pun yang tertangkap menggunakan layanan VPN tidak sah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Kegiatan Tapi Jarang Sakit, Ini 4 Tips Tetap Bugar dari Jokowi

Posted: 14 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merupakan sosok pemimpin yang terkenal dengan kebiasaannya blusukan dan slogan "kerja, kerja, kerja". Di tengah jadwalnya yang padat, Jokowi tetap sehat dan bugar.

Kepada wartawan, mantan Gubernur DKI Jakarta itupun membagikan empat tips agar tak mudah sakit serta menjaga stamina saat melakukan kegiatan yang padat. Apa saja?

"Yang pertama, minum temulawak setiap pagi. Kalau mau agak enak, campur jahe sedikit. Itu yang pertama," ungkap Jokowi saat bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama para wartawan Istana Kepresidenan di Restoran D'Cost VIP Jalan Abdul Muis Jakarta Pusat, Selasa 14 Mei 2019.

Selain minum temulawak, Jokowi mengungkapkan, mengendapkan pikiran saat banyak persoalan yang tidak juga terselesaikan juga efektif untuk menjaga tubuhnya tetap bugar. Oleh karena itu, dia jarang mencurahkan isi hatinya atau curhat ke orang lain.

Bahkan, dia mengaku jarang curhat kepada sang istri, Iriana Jokowi.

"Bahasa Jawa-nya ngendepke pikir, saat banyak persoalan tidak selesai endapkan pikiran. Itu saja, mengendapkan pikiran," kata Jokowi.

 

Tidur Cukup dan Bersyukur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan saat peresmian ruas  Tol Sragen-Ngawi di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu (28/11). Tol Sragen-Ngawi ini memiliki panjang sekitar 51 km. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyebut rahasia hidup sehatnya adalah tidur cukup. Meski sering berpergian, Jokowi mengaku selalu menyempatkan tidur dalam perjalanan.

"Tidur banyak. Bukan banyak tidur ya. Dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam. Itu cukup," tutur Jokowi.

Rahasia terakhir, lanjut Jokowi, yaitu dengan banyak bersyukur. Jokowi merasa bersyukur lantaran selama menjabat sebagai Presiden dan di tengah aktivitas yang padat, tak pernah mengalami sakit yang mengganggu.

"Kalau sudah mulai terasa tidak enak, saya langsung istirahat, langsung tidur," ucap Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Batas Tiket Pesawat Turun, Garuda Indonesia Bakal Tutup Rute Sepi

Posted: 14 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahalnya tiket pesawat terbang menjadi isu nasional dan diprotes oleh masyarakat. Menyikapi hal tersebut, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat di kisaran 12-16 persen.

VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk, Ikhsan Rosan menyebutkan, penurunan TBA tersebut akan memukul dan memberi dampak signifikan pada maskapai di tanah air.

Dia menuturkan, semua maskapai otomatis harus melakukan banyak penyesuaian terhadap struktur biaya perusahaan terutama yang bersifat pengeluaran operasional guna menyesuaikan dengan harga tiket. Salah satunya adalah dengan menutup rute yang tidak menguntungkan.

"Kita pasti melihat rute-rute yang memang tidak baik, ya sudah kita langsung tutup," kata dia saat dihubungi wartawan, ditulis Rabu (15/5/2019).

Dia mengungkapkan, selama ini rute-rute yang tidak menguntungkan tersebut mendapatkan subsidi. Jika rute tersebut ditutup, dapat mengurangi biaya pengeluaran perusahaan.

"Bahwa selama ini untuk rute-rute yang kurang bagus, itu kita ada semacam subsidi silang," ungkapnya.

Dengan ada penurunan TBA tiket pesawat, lanjutnya, pihaknya harus lebih selektif lagi dalam memilih rute penerbangan.

"Tapi dengan penekanan TBA ini, otomatis kita harus lebih ketat lagi. Yang tidak menguntungkan ya sudah kita tutup saja untuk menghindari kerugian semakin dalam," dia menambahkan.

Meski akan melakukan beberapa penyesuaian struktur biaya, tapi dia menegaskan perusahaan tidak akan mengubah biaya terkait keselamatan penumpang maupun kesejahteraan karyawan.

"Poinnya kita sedang bertahan hidup. Jadi bagaimana kita tetap bisa menyesuaikan dengan penyesuaian pemerintah terkait penurunan TBA tadi. Ya mungkin nanti secara jangka pendek dan panjang kita meningkatkan ancillary revenue (pendapatan non tiket). Atau meningkatkan bisnis lain. Kan kita ada rencana pengembangan kargo. Tapi poinnya dengan penurunan TBA ini akan semakin menekan kita," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun hingga 16 Persen

Garuda Indonesia resmi mengoperasikan penerbangan langsung Denpasar- Mumbai PP.

Sebelumnya, Pemerintah tetapkan tarif batas atas tiket pesawat turun antara 12 persen sampai 16 persen.

Penurunan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 12 persen ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Rapat Koordinasi Pembahasan Tindak Lanjut Tarif Angkatan Udara, Senin, 13 Mei 2019, di Jakarta.

"Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat," ujar Menko Darmin.

Lebih lanjut Darmin menjelaskan, Pemerintah mencatat adanya kenaikan tarif pesawat penumpang udara oleh para perusahaan maskapai penerbangan dalam negeri sejak akhir Desember 2018 dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Dampak dari kejadian ini dirasakan oleh masyarakat terutama saat menjelang musim lebaran dan teridentifikasi merupakan isu yang berskala nasional.

Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri (Tarif Batas Atas) sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 72 Tahun 2019 tidak berubah secara signifikan sejak tahun 2014 dan merupakan salah satu penyebab tarif angkutan penumpang udara tidak kunjung turun.

Kondisi lain yang menyebabkan tingginya tarif pesawat dalam negeri adalah kenaikan harga bahan bakar pesawat terbang (avtur).

Pada akhir Desember 2018, harga avtur menyentuh USD 86,29 per barel, tertinggi sejak Desember 2014. Hal ini berdampak pada peningkatan beban operasional perusahaan maskapai penerbangan sehingga perlu dikompensasi dengan peningkatan tarif pesawat.

Keputusan penurunan Tarif Batas Atas akan berlaku efektif sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Perhubungan dengan target 15 Mei 2019.

Kemudian akan dievaluasi secara kontinu berdasarkan regulasi yang berlaku untuk menjaga tarif angkutan penumpang udara bagi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri dengan keseimbangan antara perlindungan konsumen dan keberlangsungan usaha.

Menko Darmin menegaskan, diperlukan sinergi antara Kementerian/ Lembaga dan Badan Usaha terkait untuk terus mendukung evaluasi industri penerbangan nasional secara berkala sehingga potensi masalah atau isu dapat senantiasa diidentifikasi lebih awal.

"Dengan demikian, kondisi industri penerbangan, khususnya pada pelayanan penumpang udara, dapat berjalan dengan lebih baik dan stabil," tegas Menko Darmin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Inspiratif Alisha Cowie, Penderita Gangguan Pendengaran yang Jadi Miss England 2018

Posted: 14 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keterbatasan fisik tidak selamanya menghalangi tekad bulat seseorang untuk berprestasi. Hal itu pula yang terjadi pada Alisha Cowie, ratu kecantikan Miss England 2018 yang merupakan seorang penderita gangguan pendengaran.

Melansir mirror.co.uk, Rabu (15/5/2019), kisah menyentuh sekaligus inspiratif dari Alisha bermula ketika ia menjadi salah satu finalis di ajang kecantikan yang berlangsung pada September 2018 lalu.

Namanya lantang disebutkan oleh pemandu acara sebagai Miss England 2018. Kala itu, perempuan yang sebelumnya menyandang gelar Miss Newcastle 2017 tersebut telah menderita gangguan pendengaran selama empat tahun.

Menjadi ratu kecantikan bukan berarti Alisha Cowie tak memiliki ketakutan terkait gangguan pendengaran yang ia alami. Ia pun sempat menuangkan curahan hati terkait kondisinya tersebut.

"Itu sangat menakutkan. Saya baik-baik saja saat percakapan satu lawan satu dalam ruangan, tetapi saya berjuang untuk bertahan jika berbicara dengan dua orang atau lebih," ungkap Alisha Cowie.

Sang ratu kecantikan juga melanjutkan ketika ia berada di tempat ramai, hanya suara berisik yang ia dengar. Dalam keadaan tersebut, ia tidak pernah bisa mengeluarkan suara dan berbicara.

"Saya benar-benar tuli di luar, dalam cuaca berangin dan tidak akan pergi ke konser rock atau apa pun yang sangat keras. Itu menjengkelkan dan memalukan karena saya harus meminta orang mengulangi," lanjutnya.

Kondisi tersebut juga terjadi ketika Alisha berkompetisi di Miss England 2018. "Ketika saya ditanyai pertanyaan oleh juri Miss England, saya harus meminta agar hal itu diulang," kata Alisha.

Hanya Satu Telinga

Alisha Cowie, Miss England 2018. (dok. Instagram @_lisha_pie/https://www.instagram.com/p/BnW63x9H8mW/Putu Elmira)

Alisha Cowie lahir di Gateshead, Inggris dan dibesarkan di Newcastle, Inggris. Pada 2014, ia menyadari hanya dapat mendengar dengan satu telinga.

"Saya baru berusia 15 tahun dan menganggap itu sementara, tetapi saat 17 tahun, itu menjadi lebih buruk sehingga saya pergi ke dokter. Ia memeriksa kesehatan telinga saya dan menyebut baik-baik saja," kata Alisha.

Masalah pendengaran Alisha kemudian kian memburuk namun ia diberitahu berulang kali bahwa tidak ada yang salah. Baru pada akhir Agustus 2018, sebelum ia menginjak 19 tahun, ia melakukan tes pendengaran. Hasilnya menyebut ia mengalami gangguan pendengaran prematur di kedua telinganya.

"Saya diberi tahu pendengaran saya bisa tetap seperti ini selamanya atau bisa semakin memburuk. Saya terkejut. Saya pikir saya terlalu muda untuk hal seperti ini terjadi," ungkapnya.

Diagnosis tersebut mempengaruhi kepercayaan dirinya termasuk tidak yakin berkompetisi di Miss England pada September 2018 karena takut tidak dapat bertahan tetapi ia memilih untuk tetap berjuang.

"Saya mulai belajar bahasa isyarat dan membaca bibir. Jadi jika yang terburuk terjadi, saya punya pilihan dan itu bukan akhir dari segalanya," katanya.

Ketakutan Alisha terpatahkan dan berhasil menyandang gelar Miss England 2018. Kini ia sibuk menjalani tugas sebagai ratu kecantikan. Selain itu, saat ini ia juga tengah mempelajari Crime Scene Investigation And Forensic Science atau Investigasi TKP dan Ilmu Forensik di Teesside University, Inggris dan berharap dapat menjadi detektif satu hari nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovatif, Perusahaan di Inggris Buat Celana Anti Bau Kentut

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kentut memang lumrah terjadi pada setiap orang, baik pria atau wanita dari berbagai usia. Para ahli menyatakan, dalam sehari manusia akan kentut kira-kira sebanyak 20 kali.

Memang kita terkadang tak bisa menghindari untuk buang gas atau kentut. Hal tersebut bisa sangat mengganggu terlebih jika sedang berada di keramaian.

Untuk mengatasi permasalahan yang kerap dihadapi banyak orang ini, sebuah produsen celana di Inggris terinspirasi membuat celana yang inovatif. Perusahaan Shreddies berhasil membuat flatulence jeans setelah melakukan riset yang cukup panjang.

Pemilik Shreddies, Paul O'Leary, mengklaim celana ini mampu memfilter bau kentut. Paul juga telah membuktikan ketika mengenakan celana ini dirinya bahkan tak bisa mencium bau kentutnya sendiri.

Nyatanya celana ini terbuat dari lapisan karbon yang membuatnya bisa "menyerap" bau kentut. Bahkan, bau kentut dijamin tak akan merembes keluar sedikitpun.

Harga

celana anti bau kentut (foto: myshreddies.com)

Hingga kini jeans ini telah didistribusikan di lebih dari 20 negara di dunia. Tersedia dalam dua warna yaitu abu-abu dan hitam, celana ini juga terdiri dari berbagai ukuran untuk pria dan wanita.

Untuk harganya sendiri dibanderol sekitar Rp 1,6 Juta. Namun, harga tersebut nampaknya sesuai dengan fungsinya yang cukup inovatif ya. Jadi gimana, kalian berminat untuk membelinya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Detik-Detik Pemotor Lolos dari Begal, Ini Modusnya

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi kejahatan begal pada kendaraan bermotor masih marak terjadi. Modus operandi aksi kejahatan inipun semakin beragam.

Meski semua pihak mencoba mencari solusi untuk menghentikan aksi kejahatan yang terjadi di jalan ini, pelaku pembegalan nampaknya kian bertambah dan terus terus berulah.

Baru-baru ini seorang pengendara motor yang melintas di wilayah Gandaria, Jakarta hampir saja menjadi korban pembegalan.

Si pengendara merekam dan video itu diunggah ke akun Instagram @jktinfo. Pada video itu terlihat pengendara yang sedang berkendara dini hari secara tiba-tiba dipepet dua orang dengan menggunakan motor skutik.

Terlihat jelas, pembonceng skutik mencoba meraih kunci motor sport yang sedang dikendarai dengan kecepatan sedang. Beruntung, pemotor tersebut dapat menghindar.

 

Aksinya Gagal

Tak lama berselang terdapat tiga orang dengan menggunakan motor skutik lainnya. Sadar aksinya gagal, kelima pembegal justru terlihat berhenti di pinggir jalan.

Enggan mengambil resiko, pemotor tersebut langsung berkendara dengan kecepatan tinggi untuk menghindari kelima pembegal tersebut mengejar.

 

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

GT Cikarang Utama Berpindah, Bagaimana Penerapan Satu Arah di Tol Kalihurip?

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan sistem satu arah atau one way akan dilakukan di Jalan Tol Trans Jawa pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Skema ini terus diperbincangkan oleh pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) demi membantu kelancaran arus lalu lintas.

Rencananya, skema ini diterapkan selama tujuh hari, yakni selama empat hari saat arus berangkat dan tiga harus pada arus pulang mudik. Adapun ruas Tol Trans Jawa yang terkena sistem satu arah yakni mulai dari Km 29 Cikarang Utama (Cikarut) hingga Km 262 Brebes Barat.

Namun begitu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) saat ini tengah melakukan relokasi GT Cikarut dari semula berada di Km 29 Tol Jakarta-Cikampek berpindah ke Km 70 GT Cikampek Utama dan Km 67 GT Kalihurip Utama.

Lalu, bagaimana penerapan sistem satu arah pada pintu tol tersebut, utamanya di GT Kalihurip Utama yang tidak berada pada jalur satu arah?

Anggota BPJT, Koentjahjo Pamboedi mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini masih merumuskan bagaimana penerapan sistem satu arah di pintu tol pengganti GT Cikarut menuju arah Cileunyi tersebut.

"Untuk di GT Kalihurip Utama/Dawuhan Utama, masih belum diputuskan rencananya oleh Kemenhub," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, seperti ditulis Rabu, (15/5/2019).

Relokasi gerbang tol ini sengaja dilakukan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019. Perpindahan pintu tol ke Km 70 dilakukan untuk melayani transaksi pembayaran kendaraan yang menuju arah Palimanan.

Sedangkan relokasi di Km 67 dimaksudkan untuk melayani transaksi pengguna yang hendak menuju Cileunyi.

Adapun sistem transaksi pembayaran di Tol Jakarta-Cikampek juga akan mengalami perubahan, dari sebelumnya menggunakan sistem transaksi terbuka dan tertutup menjadi sistem transaksi terbuka secara keseluruhan.

Sehingga dilakukan pemindahan GT Cikampek Utama ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama, dengan rincian jumlah masing-masing gardu sebanyak 15 gardu masuk dan 15 gardu keluar.

 

 

Sediakan 21 Gardu

Padat merayap kendaraan di ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/12). Menghadapi libur panjang akhir tahun diperkirakan volume kendaraan meningkat hingga 30 persen. (Merdeka.com/Imam  Buhori)

Dalam menghindari penumpukan kendaraan saat transaksi pembayaran pada arus mudik nanti, GT Cikampek Utama bakal menyediakan 21 gardu masuk dan keluar (one way). Sementara di GT Kalihurip Utama juga akan disediakan 22 gardu masuk dan keluar (one way) serta mengoperasikan mobile reader.

Secara nominal tarif, Kepala Bagian Umum BPJT Mahbullah Nurdin menyatakan, pengguna tol yang melewati pintu tol pengganti nantinya tetap akan dikenai tarif serupa seperti di GT Cikarang Utama.

"Dengan adanya itu akan dievaluasi, jangan sampai ada perbedaan tarif antara di atas dan bawah. Enggak ada perubahan tarif. Sama seperti di Cikarang Utama," ungkap dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Santri Kebumen dan Cilacap Menolak People Power

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Sejumlah lembaga survei telah merilis hitung cepat alias QC Pemilu 2019, baik Pemenang Pilpres 2019 maupun pemilihan legislatifnya. Namun, mendekati pengumuman resmi KPU 22 Mei 2019 mendatang, menyelinap terdengar seruan people power.

Ajakan itu bergema terutama di media sosial dan melalui kanal berbagi video. Tak hanya di pusat pemerintahan, Jakarta, ajakan people power itu juga meruap di daerah-daerah. Salah satunya di Kebumen, Jawa Tengah.

Tetapi, di kabupaten berslogan Beriman ini, seruan people power hanya terdengar samar. Suara menolak people power justru lebih kencang terdengar, terutama dari kalangan santri dan kiai Kebumen.

Penolakan people power itu salah satunya bergaung dari Pondok Pesantren Al Hasani, Alian Kabupaten Kebumen. Dewan Pengurus Ponpes Al Hasani, Gus Fachrudin Achmad Nawawi dengan tegas menolak ajakan people power tersebut.

Dia juga mengimbau agar masyarakat Kebumen tidak larut mendukung gerakan people power. Pasalnya, ia menilai gerakan ini hanya dimotori oleh sekelompok orang yang tak mendukung hasil Pemilu 2019.

Gelagatnya terlihat dari penolakan keputusan KPU. Dan ia khawatir, people power itu berujung pada tujuan lebih berbahaya, menumbangkan pemerintahan Republik Indonesia yang sah dan diperoleh secara konstitusional.

Pembina Santri Online Kebumen ini juga menilai people power hanya akan membuat situasi menjadi tidak kondusif. People power, menurut dia, merupakan gerakan inkonstitusional dan mengarah ke tindakan makar.

People Power Dinilai Pecah Belah Masyarakat

KH Dawamudin, Ketua FKUB Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Dia menyarankan jika ada pihak-pihak yang tak puas dengan hasil Pemilu 2019 dan mengaku memiliki data penyimpangan atau pelanggaran pemilu untuk menyelesaikan mekanisme yang ada. bukan malah menggerakkan massa.

"Bagi saya kegiatan itu (people power) sama sekali tidak bermanfaat. Maka kepada masyarakat Kebumen, kami himbau untuk tidak mengikutinya," ucapnya, Selasa, 14 Mei 2019.

Senada dengan Fachrudin, Ketua FKUB Kebumen, Dawamudin menilai gerakan people power yang meruap usai Pemilu 2019 itu sangat meresahkan. Sebab itu, ia meminta masyarakat Kebumen untuk tak terpengaruh gerakan people power yang digaungkan oleh sekelompok orang untuk menumbangkan pemerintahan yang sah.

"People power adalah gerakan inkonstitusional dan merusak tatanan demokrasi yang telah dibangun," tandas Dawamudin, Selasa (14/5/2019).

Dawamudin mengemukakan, suksesi kepemimpinan, presiden atau kepala daerah telah diatur melalui mekanisme pemilu dan harus diikuti dari awal hingga akhir. Sebab itu, upaya pergantian kepemimpinan di luar pemilu tidak bisa dibenarkan. Terlebih, jika pergantian itu dilakukan dengan paksaan.

Dia juga menilai, people power jika dituruti akan berdampak negatif. People power berpotensi menyebabkan konflik horizontal sesama anak bangsa. Sudah banyak contohnya, negara hancur lantaran people power.

Makanya, ia pun mengimbau agar elit politik, tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa menjaga lingkungannya agar tidak mudah terprovokasi melakukan tindakan-tindakan anarkis. Dia pun yakin, masyarakat Kebumen sudah cukup cerdas untuk tak ikut-ikutan gerakan people power ini.

 

Gaung Penolakan People Power di Cilacap

Dewan Pengurus Ponpes Al Hasani, Gus Fachrudin Achmad Nawawi menolak people power. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Dalam pengamatannya, bahwa penyelenggaraan Pemilu di Kebumen telah terlaksana dengan jujur, adil, transparan serta demokratis.

"Mari kita jaga, dan kita ikuti proses Pemilu ini sampai rampung. Kita tunggu pengumuman resmi dari KPU tanggal 22 Mei 2019 nanti," ungkapnya.

Penolakan people power juga bergaung dari sejumlah pimpinan dan santri pesantren di Cilacap. Salah satunya dari Ponpes berpengaruh di Cilacap, Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin.

KH Idhadurrohman, Pengasuh pondok pesantren Al Ihya Ulumaddin menyatakan siap menjaga keutuhan NKRI, serta menolak gerakan people power. Ia juga mengimbau agar masyarat tidak mudah terpancing seruan ini.

Ia juga meminta agar masyarakat menunggu pengumuman resmi KPU 22 Mei mendatang. Menurut dia, terpenting saat ini adalah menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan kerukunan antar umat beragama paskapesta demokrasi pemilu 2019.

Tak hanya kalangan pesantren, ulama di Cilacap pun menolak people power. Imam Besar Masjid Agung Darusalam Cilacap, KH Muslihun Ashari dan Ketua FKUB Cilacap, Soim El Amin menyeru agar warga Cilacap menolak ajakan dari pihak manapun untuk melakukan people power terkait hasil pemilu 2019.

"Karena hal tersebut menyalahi undang undang," ucap Muslihun.

Sejurus dengan itu, Soim El Amin meminta seluruh tokoh lintas agama untuk menjaga persatuan antar umat beragama. Ini dilakukan agar situasi tetap kondusif usai pemilu.

"Jangan mau diprovokasi dan diadu domba apalagi diajak untuk melakukan gerakan People Power karena gerakan tersebut Inkonstitusional memecah belah bangsa dan akan berujung kepada kehancuran," ucap Soim.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ivan Kolev Samakan Bintang Persija dengan Cristiano Ronaldo

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Jakarta - Pelatih Persija Jakarta Ivan Kolev menilai Marko Simic memiliki peran sama seperti Cristiano Ronaldo. Dia menyebut Macan Kemayoran menderita layaknya Real Madrid ketika ditinggal sang megabintang.

Simic sama sekali tidak bermain di Piala AFC 2019 bersama Persija. Penyerang asal Kroasia itu tak didaftarkan karena jelang Piala AFC 2019, dia terlibat kasus dugaan pelecehan di Australia.

Tanpa Simic, Persija seperti kehilangan arah dan kerap kesulitan memecah kebuntuan. Hal itu, satu di antaranya, yang membuat klub ibu kota tersingkir lebih dulu karena hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen Grup G Piala AFC 2019.

"Pemain seperti dia (Marko Simic) memiliki kualitas yang tidak ada pada pemain lain di Indonesia. Oleh karena itu, kehadirannya di dalam tim bisa menambah semangat," kata Ivan Kolev dalam konferensi pers jelang laga di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

"Sama seperti Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Sekarang Anda bisa dilihat seperti apa Real Madrid tanpa kehadiran Ronaldo," lanjut pelatih asal Bulgaria itu.

Persija hanya mencetak enam gol dalam lima pertandingan babak penyisihan Grup G Piala AFC 2019. Sumbangan gol Macan Kemayoran datang dari Bruno Matos dengan koleksi empat gol.

Namun, Persija Jakarta saat ini sudah bisa bernafas lega karena Marko Simic boleh kembali bermain setelah tuduhan pelecehan atas dirinya tak terbukti.

Simic diyakini akan langsung kembali ke lapangan ketika Persijamenghadapi Barito Putera pada laga perdana di Shopee Liga 1 2019 pada Senin (20/5/2019).

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenkes Tegaskan Cacar Monyet Bisa Sembuh Tanpa Pengobatan Khusus

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Indonesia tidak perlu takut dengan adanya laporan cacar monyet di Singapura. Pasalnya, penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus.

"Tidak ada pengobatan khusus atau vaksinasi yang tersedia untuk infeksi virus Monkeypox. Pengobatan simptomatik dan suportif dapat diberikan untuk meringankan keluhan yang muncul," kata Anung Sugihantono, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com pada Rabu (15/5/2019).

Masa inkubasi cacar monyet biasanya berlangsung selama 6 sampai 16 hari. Beberapa bisa terjadi selama 5 sampai 21 hari. Gejala yang timbul berupa demam, sakit kepala, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas.

Ruam kulit biasanya muncul di wajah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Mereka lalu berkembang dari bintik merah seperti cacar, lepuh berisi cairan bening, lepuh berisi nanah, dan mengeras. Setelah mengeras, biasanya perlu waktu hingga tiga minggu untuk ruam menghilang.

 

Kasus Kematian Kurang dari 10 Persen

Beda Cacar Monyet dan Cacar Biasa

Anung menyatakan cacar monyet bisa sembuh sendiri selama 14 sampai 21 hari. Beberapa kasus yang lebih parah terjadi pada anak-anak dan terkait dengan tingkat paparan virus, status kesehatan pasien, dan tingkat parahnya komplikasi.

Hanya 10 persen kasus kematian yang dilaporkan karena cacar monyet. Sebagian besar diantaranya diderita anak-anak karena merekalah kelompok yang paling rentan.

Kasus cacar monyet kebanyakan terjadi di beberapa wilayah Afrika dan jarang ditemukan di negara-negara Asia. Straits Times menulis, Singapura menjadi negara Asia pertama yang melaporkan kasus tersebut. Itupun pasien bukan berasal dari negara tersebut.

"Bulan Mei 2019 dilaporkan seorang warga negara Nigeria menderita Monkeypox, saat mengikuti lokakarya di Singapura. Saat ini pasien dan 23 orang yang kontak dekat dengannya diisolasi untuk mencegah penularan lebih lanjut," Anung mengungkapkan.

 

Vaksin Cacar Air Bisa Mencegah

Ilustrasi Foto Vaksin (iStockphoto)

Meski Indonesia masih aman dari cacar monyet, Kemenkes tetap meminta warga untuk menjaga kebersihan diri, tidak mengonsumsi daging dari hewan liar, serta melapor ke petugas kesehatan apabila ada gejala yang muncul tidak lama setelah bepergian dari negara yang terindikasi kasus cacar monyet.

Vaksin cacar air biasa juga bisa memberikan perlindungan sebesar 80 persen apabila diberikan dalam waktu empat hari setelah paparan. Sementara, jika diberikan antara 4 sampai 14 hari setelah terpapar, ini tidak mencegah infeksinya tetapi tetap dapat mengurangi gejala penyakitnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Kedua Asri Welas Akan Dioperasi

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak lahir anak kedua Asri Welas, Rayyan Gibran Ridha Rahardja atau Ibrar, mengalami gangguan pada matanya. Ia menderita katarak sehingga harus menggunakan kacamata untuk melihat.

Guna memulihkan keadaannya, setelah Hari Raya Idul Fitri, Ibrar akan menjalani prosedur operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kedua mata anak Asri Welas akan dipasangkan implan lensa.

"Makanya berat badannya harus naik 1,5 kilogram lagi supaya dia berat badan 12 kilogram, jadi aman buat operasi. Karena akan dibius total, mata kanan dulu, habis itu mata kiri," ujar Asri Welas di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2019).

Saat ini, Asri Welas sedang berupaya untuk menaikkan berat badan sang anak, agar ideal dan aman untuk menjalani operasi.

"Harus makan. Ternyata yang menaikkan berat badan itu ati ayam, lele, terus telor ayam, belut, jadi banyak makan itu sama nasi," ungkap istri Galiech Ridha Rahardja tersebut.

Siapkan Mental

Asri Welas (Deki Prayoga/bintang.com)

Selain menjaga kondisi fisik sang anak, Asri Welas juga telah menyiapkan mentalnya sebagai orangtua. Menerima kenyataan bahwa anaknya harus dioperasi di usia sangat dini tentu bukan hal mudah.

"Iya menghadapi operasi tuh saya paling gimana ya. Tapi ya harus dihadapi karena dokter bilang usia 2 tahun 3 bulan dia harus operasi. Supaya dari kecil sudah masuk implan lensanya, supaya dia enggak merasakan sakit mungkin karena masih kecil," jelasnya.

"Juga untuk matanya penglihatannya akan lebih bagus dan kemungkinan angka plusnya bisa turun lebih bagus. Karena dari 18 turun jadi 14 sekarang. Nah kalau diimplan bisa lebih bagus lagi, dia kondisinya bisa seperti plus 6," sambung Asri Welas.

Penglihatan Kabur

Asri Welas

Saat ini, bila tanpa kacamata kondisi penglihatan Ibrar memang kabur. Ia tak bisa melihat dengan jelas.

"Jadi paling tidak (setelah operasi) dia bisa lihat sosok, bayangan gitu. Karena kalau enggak dia benar-benar cuma lihat cahaya. Jadi kata dokter bagusnya gitu. Enggak perlu ke luar negeri di sini saja," tandas presenter kocak ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Enteng Jodoh untuk Wanita

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan Doa Ramadan kali ini hadir untuk para wanita yang ingin meminta jodoh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Optimistis Pembangunan Palapa Ring Rampung Agustus 2019

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Anang Latief, optimistis pembangunan jaringan serat optik nasional Palapa Ring, akan rampung pada Agustus 2019.

Dikutip dari laman resmi Kemkominfo, Anang menyatakan, Palapa Ring di seluruh wilayah Indonesia akan dapat beroperasi sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, pada 17 Agustus mendatang.

Pembangunan Palapa Ring sendiri menghadapi berbagai tantangan lantaran faktor alam, lokasi geografis, hingga ancaman gangguan keamanan serta kriminalitas.

Hal ini terutama terjadi di Palapa Ring Paket Timur yang meliputi empat provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Permasalahan perolehan lahan adat di Papua ini juga menjadi salah satu faktor penghambat pembangunan Palapa Ring, belum lagi ditambah keadaan Papua yang baru-baru ini terkena bencana banjir bandang. Namun, Agustus semua sudah beroperasi sesuai yang disebutkan," ujar Anang dalam Rapat Kerja antara Komisi I DPR RI dengan Kementerian Kominfo, di Gedung Wisma Nusantara II MPR/DPR RI, Jakarta, Senin (13/05/2019).

Saat ini pembangunan Palapa Ring Timur sudah mencapai 96,5 persen, sedangkan Palapa Ring Barat dan Palapa Ring Tengah sudah selesai 100 persen.  Bahkan bagian barat dan tengah sudah mulai beroperasi.

Kemkominfo sendiri telah berulang kali menegaskan pembangunan Palapa Ring akan selesai sesuai dengan rencanya. Baik pernyataan langsung dari Menkominfo, Rudiantara, maupun Anang.

 

Hambatan Pembangunan Palapa Ring

Menkominfo, Rudiantara, di depan Terminal Station Palapa Ring Tengah di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Liputan6.com/Andina Librianty

Menurut Anang, pembangunan Palapa Ring mengalami hambatan berkaitan dengan kondisi geografis Indonesia Timur. "Terdapat 28 lokasi yang tidak memiliki akses kecuali menggunakan helikopter. Selain itu, serangan dari kelompok di wilayah Papua pun menghambat pembangunan," ungkapnya.

Melalui tayangan video dokumentasi terkait Palapa Ring Timur pada 21 Maret lalu, Anang menyampaikan terdapat serangan tembakan dan pembakaran oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Ruas Tigi - Timika, Papua.

"Pasca kerusuhan yang terjadi pada 21 April, terdapat tumpukan-tumpukan kabel yang dibakar, sehingga kami berkoordinasi dan melakukan kerjasama dengan aparat TNI untuk pengamanan di semua lokasi di Papua," jelas Anang.

Selain itu, juga ada permasalahan karena faktor ketinggian sampai lebih dari 4.000 meter. Kemudian, bencana banjir bandang di Sentani, Papua, beberapa waktu lalu juga membuat pembangunan sedikit terhambat.

"Saat ini masih dikerjakan pemasangan serat optik di sepanjang 2.600 km. Kendala lainnya, adalah pemasangan microwave, dari 50 site, ada 24 site yang tidak ada akses jalan, sehingga harus ditempuh menggunakan helikopter," ungkap Anang.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permainan Anak Saat Ngabuburit yang Kini Hilang

Posted: 14 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Grobogan - Bulan Ramadan, selalu membahagiakan anak-anak. Menunggu datangnya beduk Magrib sambil bermain pernah menjadi sebuah ikatan sosial hingga mereka dewasa. Berbagai permainan ngabuburit digelar. 

Namun, kini sejumlah permainan memang sudah menghilang ditelan kemajuan zaman yang menjadi lebih individualis. Berikut sejumlah permainan saat ngabuburit yang menghilang dari wilayah Grobogan.

Lori, Ekstrem di Jalur Kereta Api

Anak-anak bermain lori di jalur kereta api (Liputan6.com / Edhie Prayitno Ige)

 

Permainan unik ini berkembang di Desa Sugihmanik, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan. Lori hasil kreasi tangan orang tua dimainkan dengan memanfaatkan rel kereta api jurusan Semarang-Solo sebagai jalur. 

Cara memainkannya, sejumlah anak duduk di atas lori yang melaju. Sedangkan dua orang berdiri di sisi belakang mengayuh menggunakan kayu.

"Dulu anak-anak kecil main lori di rel. Tapi, setelah dilarang PT KAI sekarang tidak lagi. Lorinya juga sudah diambil sama petugas saat menggelar razia," kata Indah Budi, warga Sugihmanik.

Permainan dimulai usai mengaji dan salat asar. Ini adalah jam aman untuk menggelar permainan ngabuburit lori. Anak-anak akan beramai-ramai menikmati laju lori kayu di atas rel. Alas duduk dibuat dari potongan kayu yang dirangkai.

Laker atau bearing berukuran sekitar 10 centi berfungsi sebagai roda. Laker atau bearing ini merupakan spare part bekas mobil atau sepeda motor. Ada dua bearing, salah satunya berdimensi lebih kecil sebagai penjepit yang berfungsi agar lori tidak loncat dari rel.

Permainan ngabuburit ini selesai sesaat menjelang magrib.

 

Meriam Bambu

Meriam bambu menjadi permainan favorit anak-anak saat ngabuburit (Sumber foto: bintang.com)

Ngabuburit di Kabupaten Grobogan juga sering dimeriahkan dengan perang meriam bambu. Banyaknya sumber daya alam berupa pohon bambu petung (bambu berbatang besar) menjadi salah satu sebab banyaknya meriam ini.

Struktur meriam sangat sederhana, hanya membobol ruas-ruas bambu, sehingga menyerupai pipa. Hanya ruas terakhir yang dibiarkan tetap tertutup. Beberapa sentimeter dari ruas terakhir atau bagian belakang meriam, dibuat lubang kecil untuk menyalakan.

Menggunakan abu yang disiram minyak tanah sebagai bahan peledak. Ketika abu dan minyak tanah menjadi panas, akan menghasilkan uap. Saat dinyalakan melalui lubang kecil, uap itu akan menyambar api. Karena oksigen yang sedikit, maka api tak bisa menyala dan hanya menimbulkan letupan.

"Permainan ini tak pandang usia. Entah orang tua maupun anak-anak selalu perang meriam bambu. Biasanya pulang dari sawah menjalankan salat ashar dan dilanjutkan mengaji secukupnya. Usai mengaji, langsung perang meriam bambu di depan rumah. Situasinya seperti perang besar karena ada 'meriam' di depan teras rumah," kata Hendro, warga Tanggirejo.

Setelah minyak tanah tak dijual bersubsidi, lambat laun permainan ini menghilang.

Simak video pilihan berikut:

 

Rudal Busi

Rudal Busi, bagian belakang ditempel guntingan tali rafia sebagai penyeimbang. Ledakannya cukup keras dan mengagetkan. (foto ; Liputan6.com / felek wahyu)

Rudal busi memanfaatkan limbah busi mesin sebagai bahan. Bagian ujung busi yang berfungsi sebagai pemantik api dihilangkan. Demikian juga dengan batang besi dan keramik di bagian tengah. Ruang kosong itu kemudian diisi bubuk petasan atau ujung korek api. Kemudian ditutup dengan sebuah baut yang cukup rapat sebagai pemukul.

Pada bagian belakang biasanya diberi rangkaian tali rafia yang sudah diiris. Fungsinya sebagai penyeimbang sehingga ketika dilempar ke udara, turun dengan bagian kepala busi yang sudah ditutup baut itu di bagian bawah.

Cara memainkannya dengan dilempar ke udara. Ketika turun maka baut yang difungsikan sebagai pemukul akan menghantam batu atau aspal. Saat itulah ledakan terjadi karena bubuk petasan atau korek api seperti dipukul. Permainan ini tak bisa dilakukan jika busi jatuh ke permukaan tanah.

Suaranya tidak keras, tapi permainan ini dilarang karena bubuk petasan juga dilarang.

"Biasanya anak-anak saling lempar ke dekat lawannya untuk mengagetkan. Tak sampai mengenai orangnya karena hanya mencari efek bunyi. Sekarang enggak ada karena susah cari bubuk petasan," kata Tri Agung, warga Penawangan.

 

Pistol Bambu

Anak-anak bermain pistol bambu, sebuah permainan yang kini digantikan paint ball yang butuh arena khusus dan waktu khusus serta berbiaya tinggi. (foto: Liputan6.com / felek wahyu)

Ini adalah sebuah permainan menggunakan bambu yang dirangkai dengan desain seperti pistol. Menggunakan bambu kecil yang ruasnya cukup panjang, sehingga panjang pistol ini hanya satu ruas saja.

Permainan memanfaatkan lubang bambu yang berdiameter hanya setengah sentimeter saja. Sebagai pemicu, dibuatkan sebuah batang yang berfungsi untuk menyogok dan mendorong peluru.

Amunisi dibuat dari kertas koran yang direndam air di kedua ujung bambu. Ketika batang pendorong ditusukkan, maka udara di dalam rongga bambu akan mendesak gumpalan kertas koran basah itu.

Lepasnya gumpalan kertas koran itulah yang menimbulkan ledakan kecil. Meski tanpa bahan peledak dan hanya berpeluru kertas, jika mengenai anggota tubuh akan terasa sakit sesaat.

Anak-anak biasanya memainkan secara berkelompok dan seperti perang sungguhan, lengkap dengan membangun markas dan menyusun strategi penyerbuan."Pistol biasanya mengunakan kertas basah atau buah gandri. Memang tidak ada yang melarang. Saat ini sudah enggak ada karena bambu tulup sudah langka. Lagipula kalah populer dengan gim di gawai," kata Hartani, warga Sugihmanik.

 

Pistol Kayu

Pistol Kayu, seperti inilah permainan paling keren anak-anak Grobogan pada masa lalu. (foto: Liputan6.com / felek wahyu)

Berbentuk pistol tapi dibuat dari papan kayu. Di bagian atas dipotong, sehingga menjadi dua bagian dan salah satunya bisa bergerak bebas. Agar sesuai jalur, maka potongan kayu itu dibuatkan seperti rel.

Kemudian di ujung potongan ditempelkan paku payung. Saa karet dilepaskan, maka potongan kayu akan menghantam badan pistol. Kepala paku payung bertemu kepala paku payung. Nah agar menimbulkan letusan, maka dipasang sebuah kertas menyerupai kemasan tablet yang berisi bubuk petasan dalam jumlah sangat sedikit.

"Biasanya keluar suara ter. Jika petasan kertas susah didapat karena munculnya hanya saat puasa, maka diganti pentol korek," kata Hana, warga Grobogan, mengenang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Mantan Model Playboy Jadi Mualaf dan Berhijab

Posted: 14 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Felixia Yeap atau Raisyya Rania mantan model majalah Playboy memutuskan berhijrah usai casting iklan produk hijab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Gaji Bikin Gareth Bale Sulit Gabung Tottenham

Posted: 14 May 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Gareth Bale digadang-gadang bakal kembali gabung dengan Tottenham Hotspur. Namun ada satu hal yang dikabarkan menghambat kepindahan Bale ke klub lamanya tersebut.

Winger Real Madrid tersebut tidak ingin mendapatkan gaji dengan nilai uang minim jika pindah ke Spurs. 

Gareth Bale disebut sudah tidak lagi masuk dalam rencana Real Madrid. Dia sudah tidak dilibatkan dalam skuat El Real dalam dua laga terakhir. Itu adalah tanda jika Gareth Bale tak lagi dibutuhkan.

Pelatih Zinedine Zidane juga telah memberi isyarat bahwa Gareth Bale tidak masuk dalam skemanya musim depan. Zidane memang tidak secara pasti berkata akan melepas Gareth Bale. Tapi, dia kini tidak lagi mengandalkan pemain 29 tahun.

Benarkah Gareth Bale menolak pindah ke Spurs karena alasan gaji?

 

 

Gaji Lebih Rendah

Pemain kidal tersebut hanya mencetak 13 gol dalam 34 pertandingan bersama Real Madrid. Manchester United sudah memperlihatkan ketertarikan merekrut Gareth Bale juni nanti. (AFP/Oscar del Pozo)

Selain secara teknis sudah tidak lagi dibutuhkan, Real Madrid ingin membuang Gareth Bale karena beban gajinya yang begitu tinggi. Real Madrid kini sedang berupaya mengurangi beban gaji pemain lama agar punya slot pemain baru yang hendak dibeli.

Dikutip dari The Mirror, Gareth Bale kini mendapatkan gaji senilai 600 ribu pound dalam satu pekan. Dengan nilai itu, Gareth Bale jadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di Real Madrid, bahkan juga di Eropa.

Spurs tentu saja akan kesulitan untuk memenuhi standar gaji tersebut. Karena itu, mereka hanya bersedia menerima kehadiran kembali pemain asal Wales jika bersedia memotong gajinya dalam jumlah yang sangat signifikan.

Gareth Bale kemudian memutuskan menolak tawaran pindah ke Spurs yang dirancang oleh Real Madrid. Gareth Bale memilih tetap berada di Santiago Bernabeu pada musim depan. Mantan pemain Southampton itu juga masih punya kontrak hingga tiga tahun ke depan.

Skema Peminjaman

Real Madrid sejatinya sudah memulai langkah untuk bisa melepas Gareth Bale ke Spurs. Awal pekan ini, kedua tim sedang menjajaki kemungkinan kesepakatan transfer Gareth Bale denan skema peminjaman.

Real Madrid akan meminjamkan Gareth Bale selama satu musim kepada Spurs dan sebagai kompensasi, The Lily White harus membayar senilai 10 juta euro. Opsi itu sebenarnya diterima oleh pihak Spurs.

Namun, seperti yang ditulis di atas, Spurs tidak sanggup membayar beban gaji Gareth Bale yang mencapai 600 ribu pounds dalam satu pekan. Karena itu, pasukan Mauricio Pochettino meminta penurunan gaji kepada Gareth Bale.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Driver Ojol Agar Mudah Dikenali Penumpang, Kreatif Banget

Posted: 14 May 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memakai jasa ojek online (ojol) tentu adalah pilihan praktis. Karena kamu tinggal pencet dan tinggal menunggu beberapa saat saja dan driver ojol akan datang menjemputmu. 

Namun, apabila kamu menggunakan jasa ojol di tempat yang cukup ramai, tentu perlu tanda khusus agar mudah mengenali sang driver. Yang pasti tidaklah cukup bermodal plat motor untuk menemukannya.

Nah, karena kesulitan seperti inilah, ada beberapa pengemudi ojek online yang melakukan hal nyeleneh dengan menambahkan pernak-pernih ataupun dengan sebuah kode tertentu.

Berikut 4 cara kreatif pengemudi ojek online agar mudah dikenali penumpang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (15/5/2019)

Ada bebek di helm pengemudi ojek online

Helm pengemudi diberik bebek agar mudah dikenali penumpang (Sumber: Twitter/bilures)

Pakai bunyi-bunyian biar cepat ketemu

Ojol pakai kencringan biar mudah dikenali (Sumber: Instagram/dramaojol.id)

Ada bayi di helm pengemudi

Ojol pakai bonek bayi biar mudah dikenali (Sumber: Twitter/RizkaDwitya)

Ada antena di helm pengemudi ojol

Ojol pakai bonek bayi antena di helm biar mudah dikenali (Sumber: Twitter/lhelylalila)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Warriors Menang Mudah atas Blazers di Gim 1

Posted: 14 May 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors meraih kemenangan mudah di gim pertama final Wilayah Barat NBA. Warriors melumat Portland Trail Blazers 116-94 di ORACLE Arena, Rabu (15/5/2019) pagi WIB.

Pada gim pertama final Wilayah Barat NBA ini, Warriors masih belum diperkuat small forward Kevin Durant yang sedang cedera betis sejak gim kelima semifinal Wilayah Barat NBA

Posisi Durant sebagai starter dipercatakan oleh Andre Iguodala. Walau tanpa Durant, Warriors tetap sulit diimbang oleh Blazers.

Pada kuarter pertama, Warriors tampil dominan dan menang 27-23. Memasuki kuarter dua, Blazers sempat memangkas jarak menjadi hanya kalah tiga poin, 45-48.

Namun upaya Blazers mengejar langsung sirna oleh aksi Stephen Curry. Tembakan tiga angka Curry saat kuarter dua tersisa 40 detik membuat Warriors kembali unggul double digit.

Sejak saat itu Blazers tak pernah lagi mendekati Warriors. Keunggulan Blazers bahkan makin besar di kuarter empat. Warriors akhirnya menutup laga dengan keunggulan 22 poin.

 

Curry

Curry menjadi mimpi buruk bagi Blazers. Dia membuat 36 poin dan tujuh assists serta enam rebound. Klay Thompson menyusul dengan torehan 26 angka.

Adapun di kubu Blazers, Damian Lillard hany bisa membuat 19 poin dan melakukan tujuh turn over. CJ McCollum, Moe Harkless dan Rodney Hood sama-sama menorehkan 17 angka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

120 Pangkalan Bersiaga Amankan Elpiji 3 Kg di Purwakarta

Posted: 14 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III telah menyiagakan 120 pangkalan Elpiji bersubsidi 3 kilogram (Kg), dioperasikan selama 24 jam, dari total 432 pangkalan Elpiji di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, seluruh pangkalan Elpiji Pertamina menerapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) di berdasarkan SK Bupati setempat sebesar Rp 16.500 per tabung. Data tersebut termasuk 25 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang juga ditunjuk sebagai Pangkalan LPG.

"Selain Pangkalan LPG, Pertamina mengoperasikan 12 Agen PSO Siaga, 5 Agen Non PSO Siaga," kata Dewi, di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Menurut Dewi, sejak memasuki masa Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019, rantai distribusi Elpiji resmi Pertamina yakni agen dan pangkalan telah disiagakan sejak hari pertama bulan Ramadhan.

"Kami memprediksi pada dua minggu pertama bulan puasa, dan menjelang lebaran, konsumsi LPG khususnya 3 Kg naik seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak masyarakat. Bahkan di awal Mei, konsumsi harian di Purwasuka meningkat hingga mencapai 9 persen. Untuk menjaga pelayanan kepada masyarakat di bulan suci ini, kami telah menyiapkan pangkalan siaga yang tetap beroperasi agar masyarakat mudah mendapatkan LPG, khususnya area Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka)," paparnya.

Dewi menghimbau kepada masyarakat, agar membeli Elpiji 3 Kg di agen dan pangkalan sehingga bisa mendapatkan harga sesuai HET di wilayah setempat.

Sebagai informasi, HET Elpiji 3 Kg di wilayah Purwakarta berdasarkan SK Bupati adalah Rp 16.500 per tabung. Sementara itu, HET di Kabupaten Subang yaitu Rp 16 ribu per tabung dan Karawang Rp 16 ribu per tabung.

"HET ditentukan berdasarkan SK Bupati setempat dan diterapkan di seluruh pangkalan dan agen resmi Pertamina," tandas Dewi.

Kegiatan Bazar Murah Elpiji

Pekerja mereproduksi tabung gas elpiji 3 kg di Depot LPG Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (29/1). Pemerintah dan Badan Anggaran DPR menyepakati kenaikan anggaran subsidi energi Rp 4,1 triliun di tahun 2019 menjadi Rp 160 triliun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan LPG, Pertamina juga bekerja sama dengan Pemda dan Hiswana Migas setempat melalui kegiatan Bazar Murah yang menjual bahan kebutuhan pokok serta Elpiji 3 Kg.

Bazar dilaksanakan mulai hari ini, 14 Mei - 24 Mei 2019, di sejumlah lapangan kecamatan di Purwakarta, 14 Mei di Kecamatan Purwakarta, 15 Mei di Pasawahan,16 Mei di Jatiluhur, 17 Mei di Kecamatan Sukatani, 21 Mei di Kecamatan Plered, 22 Mei di Kecamatan Tegalwaru, 23 Mei di Kecamatan Darangdan dan 24 di Kecamatan Bojong.

Dalam Bazar tersebut, Pertamina juga menyediakan LPG non subsidi seperti Bright Gas dan Elpiji 12 kg.

"Kami menghimbau masyarakat yang tergolong ekonomi mampu untuk menggunakan Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 kg, dan Elpiji 12 Kg, sehingga penggunaaan LPG 3 Kg benar-benar tepat sasaran," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Coppa Italia: Atalanta Lawan Lazio

Posted: 14 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Final Coppa Italia akan digelar nanti malam atau tepatnya Kamis (16/5/2019) dinihari WIB. Laga puncak akan mempertemukan dua kuda hitam, Atalanta melawan Lazio. 

Untuk pertama kali dalam kurun empat tahun terakhir final Coppa Italia tak menampilkan Juventus. I Bianconeri sudah didepak oleh Atalanta di babak perempat final.

Partai final Coppa Italia digelar di Stadion Olimpico. Lazio mendapat keuntungan tersendiri. Pasalnya mereka memang bermarkas di Olimpico.

Atalanta lolos ke partai final setelah menyingkirkan Fiorentina. Sedangkan Lazio mendepak AC Milan di babak semifinal.

Laga final Coppa Italia ini rencananya akan disiarkan langsung oleh TVRI.

 

Jadwal Final Coppa Italia

Jadwal Final Coppa Italia

01.45 WIB, Atalanta vs Lazio (live TVRI)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Serukan Boikot, Musisi Palestina Tampil di Reruntuhan Jalur Gaza

Posted: 14 May 2019 08:44 PM PDT

Penampilan seorang penyanyi Palestina selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi itu untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Penampilan seorang penyanyi Palestina selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi itu untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Seorang penyanyi Palestina tampil selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi tersebut untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Seorang penyanyi Palestina tampil selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi tersebut untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Seorang bocah Palestina menari di atas puing-puing sebuah bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel selama acara musik di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Acara itu menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Seorang bocah Palestina menari di atas puing-puing sebuah bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel selama acara musik di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Acara itu menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Penampilan seorang penyanyi Palestina selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi itu untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Penampilan seorang penyanyi Palestina selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi itu untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Seorang penyanyi Palestina tampil selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi tersebut untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

Seorang penyanyi Palestina tampil selama acara musik di puing-puing bangunan yang baru-baru ini hancur oleh serangan udara Israel di kota Gaza, Selasa (14/5/2019). Aksi tersebut untuk menyerukan pemboikotan terhadap Kontes Lagu Eurovision 2019 yang diselenggarakan di Israel. (REUTERS/Mohammed Salem)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kekeringan Parah Bikin Australia Impor Gandum untuk Pertama Kalinya

Posted: 14 May 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Australia berencana mengimpor gandum untuk pertama kalinya dalam 12 tahun terakhir, menyusul kekeriangan yang semakin parah di sebagian wilayah timur negara itu, yakni turun 20 persen pada tahun lalu.

Kementerian Pertanian dan Sumber Daya Air Australia mengkonfirmasi pada pekan ini, bahwa mereka telah mengeluarkan izin impor massal gandum dari Kanada, yang kemudian diproses untuk pasar domestik.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (15/5/2019), impor gandum tidak serta merta menyudahi masalah. Para petani gandum lokal mengaku khawatir tentang biosekuriti, bahwa impor memungkinkan risiko penyakit atau gulma baru ke Australia.

"Risiko terkait impor adalah penyakit atau gulma dari Kanada, yang tidak dimiliki oleh Australia," kata Brett Hosking, ketua lembaga biji-bijian nasionak, Grain Growers Ltd.

"Penting memperhatikan cara pengangkutannya, apakah truk, kereta, atau kapal yang mengangkut berpotensi membawa penyakit atau tidak," lanjutnya mengingatkan.

Biji-bijian yang diimpor biasanya diproses di dekat pelabuhan dan tidak diangkut melalui daerah pertanian, tetapi Hosking mengatakan ia khawatir biji-bijian ini mungkin bergerak sedikit lebih jauh dari biasanya.

Kementerian pertanian setempat mengatakan kondisi pengiriman impor mengharuskan biji-bijian bersumber dari daerah-daerah yang dinilai memiliki risiko biosekuritas tanaman dan hewan yang rendah, serta menerapkan kontrol gerakan, penyimpanan, dan pemrosesan yang ketat di Australia.

Pengiriman impor gandum pertama dijadwalkan tiba di Australia dalam enam hingga delapan minggu ke depan.

 

 

 

Dipicu Kekeringan Parah di Pantai Timur Australia

(Foto: Tama66/Pixabay) Ilustrasi kemarau dna kekeringan.

Kementerian Pertanian Australia mencatat bahwa impor gandum sebelumnya berlangsung pada 2006-2007, 2003-2004, dan 1994-1995.

Impor tersebut berkorelasi dengan tahun-tahun terburuk terkait kekeringan dalam beberapa dekade terakhir.

"Kami sebelumnya telah menyetujui impor biji-bijian dari beberapa negara dalam kondisi tertentu, untuk memenuhi kebutuhan industri pangan lokal, setelah kondisi kekeringan yang berkepanjangan," kata seorang juru bicara kementerian terkait.

"Kami menilai semua aplikasi untuk izin impor berdasarkan kasus per kasus, menggunakan bukti ilmiah terbaik yang tersedia," lanjutnya.

Panen tanaman pangan di musim dingin Australia diperkirkan turun menjadi 29.3 juta ton pada 2018-2019, atau 20 persen di bawah rata-rata produksi panjang 20 tahun.

Penyebabnya tidak lain adalah kondisi kekeringan parah di negara bagian Victoria, New South Wales dan sebgaian Australia Selatan dan Queensland.

Produksi tanaman gandum lokal juga diperkirakan akan turun 20 persen, menjadi 17 juta ton tahun ini.

Australia Barat Mengalami Hal Sebaliknya

Bendera Australia (iStockphoto via Google Images)

Sementara kondisi tumbuh komoditas pangan di pantai timur Negeri Kanguru memburuk, di negara bagian Australia Barat justru terjadi sebaliknya.

Di sana, panen biji-bijian pada musim dingin tercatat sebagai salah satu musim terbaik, di mana membentuk 56 persen dari total produksi nasional, dan rata-rata ketersediaan jangka panjang sebesar 36 persen.

Sebagian besar kekurangan gandum domestik telah diisi oleh pengiriman dari Australia Barat, meski menurut Hosking, secara tradisional memiliki protein lebih rendah.

Adapun impor dari Kanada bertujuan memenuhi kebutuhan spesifik untuk permintaan gandum protein tinggi.

Musim tanam yang sulit, juga disebut mengganggu stabilitas peternakan sapi perah, yang merupakan salah satu pasar domestik utama untuk biji-bijian curah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transformasi 4 Finalis IMB Ini Makin Kece, Bikin Pangling

Posted: 14 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memang dikenal memiliki banyak sekali ajang pencari bakat. Salah satu ajang pencarian bakat yang terkenal adalah Indonesia Mencari Bakat (IMB). IMB pertama kali tayang pada tahun 2010. Acara ini memang membawa angin segar bagi ajang pencarian bakat dimana saat itu hanya dipenuhi ajang pencarian bakat khusus penyanyi saja.

Di IMB semua orang bisa menunjukkan bakat mereka apa saja mulai dari menyanyi, menari, bermain musik. Tak hanya itu saja tidak ada batasan usia, siapa saja boleh ikut mulai dari anak-anak hingga orangtua. IMB berjalan dalam empat musim dan banyak menghasilkan artis-artis berbakat.

Namun, tidak semuanya finalis ajang pencarian bakat IMB bisa mempertahankan eksistensinya dalam dunia entertainment. Ada beberapa nama-nama finalis IMB yang mulai meredup dan dilupakan. Namun, banyak juga yang masih bisa bertahan sampai sekarang.

Berikut Liputan6.com Senin (15/5/2019) rangkum dari berbagai sumber transformasi 4 finalis IMB yang makin kece dan bikin pangling.

1. Sandrina Azzahra Juara IMB Ketiga, gadis asal Bogor pelantun lagu Goyang Dua Jari.

Transformasi 4 Finalis IMB yang Makin Kece (sumber: Instagram/ sandrinamazayya)
View this post on Instagram

Aku lagi Bingung🤔

A post shared by Sandrina Mazaya (@sandrinamazayya) on

2. Putri Ayu yang dulu dikenal sebagai bocah imut, kini penampilannya berubah menjadi cantik bak bidadari.

Transformasi 4 Finalis IMB yang Makin Kece (sumber: Instagram/ iamputriayu)

3. Brandon kecil merupakan dancer yang dikenal imut, sekarang beranjak remaja dan ganteng banget.

Transformasi 4 Finalis IMB yang Makin Kece (sumber: Instagram/ brandonizerr)

4. Fay Nabila dulu dikenal dancer yang atraktif, sekarang menjadi aktris dan membintangi sejumlah sinetron.

Transformasi 4 Finalis IMB yang Makin Kece (sumber: Instagram/ faynabilalxndr)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Cinta, Hotman Paris Akui Banyak Wanita Jadi Korban Masalah Ini

Posted: 14 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pinjaman online melalui smartphone tak selalu menghadirkan akhir cerita bahagia. Kemudahan mendapatkan uang secara mudah, berujung dengan kepahitan yang ditelan dalam-dalam oleh para pengguna aplikasi pinjaman online.

Pengacara kondang Hotman Paris pun mengetahui banyaknya masyarakat yang menggunakan aplikasi pinjaman online.

Yang membuat hati Hotman Paris tersayat, kebanyakan penggunanya adalah kaum wanita atau perempuan muda.

"Pinjaman aplikasi online semakin banyak memakan korban. Wanita-wanita muda, ibu-ibu muda banyak yang datang ke Kopi Johny (bertemu Hotman) mengadu soal pinjaman aplikasi online," kata Hotman Paris melalui video yang diunggahnya di Instagram.

 

Resah dengan Bunga Tinggi

Berkembangnya teknologi dan informasi membuat inovasi dilakukan di berbagai bidang, mulai dari sektor ekonomi hingga sektor keuangan. Beberapa jenis inovasi di bidang keuangan di antaranya yakni aplikasi pinjaman online lewat smartphone.

Melihat hal tersebut, saat ini negara juga ikut andil dalam mengurangi efek negatif dari pesatnya pertumbuhan inovasi di bidang keuangan dengan memberikan wewenang pada Otoritas Jasa Keuangan untuk mengawasi setiap Financial Technology (Fintech) yang tidak sesuai dengan aturan pemerintah. 

Hal tersebut juga membuat Hotman Paris resah. "Saya enggak tahu kenapa, sampai sekarang belum ada turun dari OJK maupun kepolisian untuk menangkap pelaku pelakunya yang beroperasi tanpa izin, dengan bunga yang sangat tinggi," dia melanjutkan.

 

Ikut Peraturan

Masa yang tergabung gerakan bela korban pinjaman online menggelar aksi di depan PN Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu (6/2). Mereka meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap rentenir online. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Beberapa poin penting yang sangat dilarang oleh Otoritas Jasa Keuangan adalah melarang pemberi pinjaman online untuk mengakses daftar kontak, maupun berkas dalam device hingga menggali informasi pribadi dari ponsel pengguna. 

Selain itu setiap badan usaha yang menyelenggarakan pinjaman online juga diwajibkan untuk mengikuti peraturan OJK dengan nomor POJK 77/2016 serta POJK 18/2018 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. OJK sebagai regulator juga mengimbau setiap calon nasabah yang hendak melakukan pinjaman pada Fintech, diharuskan memberikan izin yang telah diberikan oleh OJK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shopee Liga 1 2019 Hari Ini: PSS Sleman vs Arema FC di Indosiar

Posted: 14 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Sleman - Shopee Liga 1 2019 mulai bergulir pekan ini. Partai PSS Sleman vs Arema FC di Stadion Maguwoharjo bakal menjadi partai pembuka Shopee Liga 1 2019 hari ini, Rabu (15/5/2019) WIB.

Shopee Liga 1 2019 menjadi musim pertama PSS Sleman usai promosi ke kasta tertinggi sepak bola nasional. PSS promosi setelah menjuarai Liga 2 musim lalu.

Motivasi tinggi tentu dimiliki pasukan Elang Jawa. Tim asuhan Seto Nurdiantoro ini ingin membuktikan taji mereka, meski berstatus tim promosi.

"Ini sebuah tantangan seluruh elemen harus punya semangat yang lebih mindset bahwa kita sudah ada di Liga 1 bukan lagi di level dua," kata Seto.

Di sisi lain, Arema tentu tak mau kalah. Sebagai salah satu tim papan atas, Singo Edan ingin menjadikan laga ini awal yang bagus demi membidik gelar juara.

"Kami bertekad akan memberikan permainan yang baik, sesuai ciri khas Arema. Akan menjadi pertandingan yang sangat sulit karena PSS juga tim bagus," ujar Milomir Seslija.

Arema memulai musim 2019 dengan apik. Tim polesan Milomir Seslija keluar sebagai juara Piala Presiden 2019 setelah mengalahkan Persebaya Surabaya.

Pertandingan PSS Sleman vs Arema FC di Shopee Liga 1 2019 bakal disiarkan langsung di Indosiar. Berikut jadwal Shopee Liga 2019 hari ini.

 

Jadwal Shopee Liga 1 Hari Ini

Rabu, 15 Mei 2019

20.30 WIB, PSS Sleman vs Arema FC (Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Aksi Begal Motor Terekam di Jakarta Selatan

Posted: 14 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rekaman aksi nekat begal motor di Kebayoran Lama Utara. Pelaku yang berjumlah 5 orang mendekati korban kemudian berusaha merampas kunci motor. Namun, korban berhasil menyelamatkan diri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Direktur PLN Dipanggil KPK Jadi Saksi Sofyan Basir

Posted: 14 May 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan dua pejabat di PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Dua direktur tersebut yakni, Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara Djoko R Abumanan dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin.

"Mereka akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SFB (Sofyan Basir)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, ‎Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Selain Djoko dan Amir, penyidik akan memeriksa Senior Vice President Legal Corporate PT PLN ‎Dedeng Hidayat, mantan Menteri Sosial Idrus Marham, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Namun, Jonan tidak dapat memenuhi panggilan KPK pada hari ini. Menurut Febri, Jonan sudah mengirimkan surat terkait ketidak‎hadirannya.

"Informasi ada surat dari pihak Kementeriaan ESDM, tidak bisa memenuhi panggilan penyidik karena sedang pelaksanaan tugas atau perjalanan ke luar negeri," kata Febri.

 

Kasus Sofyan Basir

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan penyidik di gedung KPK, Jakarta, Jumat (28/9). Sofyan Basir diperiksa sebagai saksi terkait menerima suap dalam proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

KPK menetapkan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1.

Penetapan ini merupakan pengembangan dari kasus yang telah menjerat Eni Maulani Saragih, pemegang saham Blackgold Natural Resources Limited Johannes Kotjo dan mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.

Sofyan Basir diduga bersama-sama Eni Saragih dan Idrus menerima suap dari Johannes Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1. Sofyan diduga mendapat jatah sama dengan Eni dan Idrus.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Sofyan disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP atau Pasal 56 Ayat (2) KUHP Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Medan Bukan Cuma Pelabuhan Belawan

Posted: 14 May 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang kota Medan, kebanyakan orang mungkin akan mengaitkannya dengan Istana Maimun, Pelabuhan Belawan, atau makanan khasnya, Bika Ambon. Tapi itu dulu, karena Medan kini punya banyak fasilitas kekinian, fasilitas yang juga mendukung gaya hidup modern.

Ya, sebagai ibu kota provinsi Sumatera Utara dan juga kota terbesar ketiga di Indonesia, perkembangan fasilitas di Medan juga tidak kalah jika dibanding Surabaya dan Jakarta yang peringkatnya berada di atasnya.

Fasilitas Kekinian Medan

Medan bukan hanya Istana Maimun atau Pelabuhan Belawan semata. Medan juga punya banyak fasilitas dan tempat-tempat kekinian.

Medan memang bukan cuma punya Pelabuhan Belawan, sebagai contoh, sebut saja Bandar Udara Internasional Kualanamu. Bandara terbesar kedua di Indonesia dan yang pertama terintegrasi dengan jalur kereta api.

Selain itu tentu saja masih ada banyak lagi. Untuk itu simak aneka fasilitas kekinian Medan berikut ini:

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery Medan

Museum yang berisikan koleksi satwa yang sudah diawetkan ini milik Rahmat Shah, seorang pengusaha dan pemburu profesional yang juga ayah dari artis cantik, Raline Shah.

Bukan. Tempat ini bukan museum yang berisi koleksi barang-barang antik atau galeri untuk benda-benda seni. Tempat ini memajang koleksi berbagai jenis satwa, meski juga bukan kebun binatang, karena semua jenis satwa yang ada di sini dalam keadaan sudah diawetkan.

Semua satwa ini diawetkan dan ditata secara artistik sesuai dengan habitat aslinya. Museum yang terletak di Jalan Letjen S Parman No 309 ini adalah milik Rahmat Shah, seorang pengusaha dan pemburu profesional yang juga ayah dari artis cantik, Raline Shah.

Jadi mau cari rumah, ruko, apartemen, atau investasi properti? Pahami potensi wilayahnya mulai dari fasilitas, infrastruktur, hingga pergerakan tren harganya lewat Area Insider.

Merci Barn Medan

Merci Barn sebenarnya adalah singkatan dari nama perumahan Medan Resort City.

Ini juga termasuk salah satu fasilitas kekinian yang paling menarik yang ada di ibu kota provinsi Sumut ini. Anda yang aktif di media sosial seperti Instagram mungkin tidak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini. Tempat wisata bernuansa Belanda yang kerap jadi lokasi favorit untuk berfoto ria.

Uniknya, Merci Barn sebenarnya adalah tempat wisata yang tidak sengaja dibuat karena awalnya merupakan kantor pemasaran sebuah perumahan! Desainnya yang bertema ala-ala Belanda plus keberadaan kincir anginnya yang ikonik membuat Merci Barn yang sebenarnya adalah singkatan dari nama perumahan Medan Resort City, dikunjungi banyak orang.

Penasaran fasilitas kekinian lainnya yang ada di Kota Medan? Simak selengkapnya di sini!

 

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Android Q Bakal Bisa Deteksi Saat Kecelakaan Mobil

Posted: 14 May 2019 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Sayangnya, kadang kecelakaan bisa tidak terdeteksi secara detail sehingga beresiko terhadap keselamatan pengendara, misalnya saat terjebak di tempat yang jauh dan sebagainya.

Namun untuk pemilik ponsel pintar besutan Google, Pixel, hal ini bakal bisa diatasi dengan penambatan fitur baru di Android Q. Dilansir dari Mashable, Rabu (15/5/2019), ada kemungkinan Google bakal mengembangkan teknologi untuk mendeteksi kecelakaan mobil.

Laporan dari pengembang XDA menyatakan, mereka sedang menguji beberapa fitur yang bakal disematkan ke sistem operasi, dan salah satunya adalah aplikasi Safety Hub.

Aplikasi ini bakal jadi fitur eksklusif yang hanya dimiliki oleh smartphone Pixel saja.

Meski begitu, belum jelas bagaimana cara kerja aplikasi untuk mendeteksi, apakah dengan mengkombinasi sensor data, mendeteksi berdasarkan GPS dan kecepatan mobil, pergerakan smartphone saat kecelakaan terjadi (misalnya, ponsel jatuh tak beraturan) dan lainnya.

Belum diketahui juga apakah fitur khusus Pixel ini bakal sama seperti fall detection milik Apple Watch yang bisa otomatis meminta bantuan kalau pengguna tidak melakukan respon dengan semestinya.

Setelah Pixel, Smartphone Huawei Akan Cicipi Android Q

Ilustrasi

Huawei terus berusaha memperkuat posisinya di pasar smartphone.

Kali ini, perusahaan berupaya agar jajaran smartphone flagship besutannya bisa lebih cepat mendapatkan pembaruan ke versi terbaru OS Android.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (11/5/2019), Huawei mengungkapkan sejumlah smartphone flagship miliknya, termasuk dari sub-brand Honor, akan menerima pembaruan ke Android Q secepat mungkin setelah smartphone Google Pixel.

Produk-produk yang dimaksud, seri Huawei P30, Mate 20, Honor View 20, dan Magic 20.

Seperti diketahui, lini Google Pixel selalu menjadi yang pertama mencicipi versi terbaru OS Android. Setelahnya, baru giliran smartphone dari vendor lain dengan waktu beragam.

Jika semua berjalan sesuai rencananya, Android Q diprediksi akan menyambangi smartphone Huawei dan Honor pada September 2019.

Google sendiri diperkirakan merilis Android Q pada akhir Agustus atau awal September.

"Pembaruan akan tersedia secepat mungkin setelah Google merilis versi stabil untuk ponsel Pixel," ungkap Huawei dalam keterangannya.

Pihak Google tidak mengungkapkan jadwal peluncuran Android Q untuk smartphone lain di luar seri Pixel.

Pengguna Android Bakal Bisa Beli Aplikasi di Play Store Secara Tunai

Beberapa aplikasi ini dibuat karena iseng-iseng lho tapi ternyata mendapat respon yang tak terduga dari para pengguna Android.

Android memiliki banyak variasi aplikasi dibandingkan dengan perangkat iOS. Namun sayangnya, jumlah pendapatan Android lebih sedikit dibandingkan dengan iOS yang lebih mendominasi.

Oleh Karena itu, Google berniat untuk membuat metode baru dalam pembayaran untuk membeli aplikasi secara cash alias tunai.

Perusahaan induk Google, Alphabet menyebutnya dengan istilah "pending transactions", yang menawarkan pengguna membayarnya tanpa menggunakan kartu kredit atau online payment lainnya.

Dilansir Tech Crunch pada Kamis (9/5/2019), sebelumnya untuk membeli sebuah aplikasi berbayar, pengguna harus memiliki kartu kredit sebagai alat pembayarannya.

Susahnya mendapatkan kartu kredit di negara berkembang, menjadi alasan mengapa pengguna cenderung lebih nyaman mengunduh aplikasi-aplikasi gratis yang ada di Play Store.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Google telah bekerja sama dengan 20 mitra carrier billing untuk mendukung pembayaran diseluruh negara.

Namun, masalah ini tidak berhasil mencangkup semua pengguna. Oleh karena itu, Google menambahkan opsi baru dalam pembayaran tunai.

Jika sudah memilih metode tunai untuk melakukan pembayaran, pengguna akan mendapatkan kode pembayaran untuk dibayarkan di toko ritel terdekat. Setelah melakukan pembayaran, pengguna akan mendapatkan email konfirmasi bukti pembayaran dan bisa mengunduh aplikasi.  

(Tik/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun, Kinerja Garuda Bakal Tertekan

Posted: 14 May 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi memutuskan menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat sebesar 12-16 persen.

Penurunan TBA tersebut akan dituangkan dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan.

VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk, Ikhsan Rosan mengaku pihaknya merasa tertekan dengan adanya keputusan tersebut. Namun, bagaimanapun juga aturan dari regulator tersebut harus dipatuhi oleh maskapai.

"Jadi memang dengan rencana penurunan yang TBA hingga 16 persen, itu tentu saja semakin menekan Garuda," kata dia saat dihubungi wartawan, ditulis Rabu (15/5/2019).

Dia mengungkapkan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini pemerintah tidak pernah melakukan penyesuaian tarif batas atas maupun bawah.

Padahal, biaya pengeluaran maskapai setiap tahun kian bertambah. Beberapa faktor seperti kurs rupiah yang tiap tahun bergerak serta harga avtur yang terus naik membuat biaya operasional membengkak. Di sisi lain, tarif untuk penumpang tidak berubah.

"Dengan situasi itu, sebenarnya struktur cost Garuda itu memang harus bermain di sekitar TBA," ujar dia.

Selain itu, dia berujar, keuntungan maskapai baik BUMN maupun swasta sangat tipis. "Nah itupun yield (keuntungan) yang kita dapat sekitar 2 persen. Karena memang airlines marginnya tipis," tutur dia.

Dengan turunnya TBA, maskapai pelat merah tersebut disebutkan harus memutar otak mengatur strategi menekan biaya operasional agar harga baru tidak akan merugikan perusahaan.

Namun, dia menegaskan Garuda Indonesia tidak akan mengganggu atau menurunkan kualitas keselamatan atau safety penerbangan untuk penumpang. Selain itu, dengan adanya penurunan TBA dia meyakinkan tidak akan mengganggu kesejahteraan karyawan. 

"Otomatis kita mengacu ke cost lain, misalnya pelayanan mungkin akan kita sesuaikan. Layanan kita  full service, ya mungkin berkaitan dengan layanan full service kita sesuaikan dengan penekanan TBA di 12-16 persen ini," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Tarif Batas Atas Dipangkas Bisa Genjot Permintaan Tiket Pesawat

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, Pemerintah secara resmi menurunkan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 12 persen sampai 16 persen. Penurunan sebesar 12 persen ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

Head of Growth Management Transportation Product Traveloka, Iko Putera, mengatakan bahwa kebijakan pemerintah menurunkan tarif batas atas TBA tiket pesawat terbang dapat mendorong permintaan tiket pesawat kembali naik.

Traveloka, masih akan melihat dampak kebijakan pemangkasan tarif batas atas tersebut pada peningkatan permintaan masyarakat terhadap tiket pesawat terbang.

"Yang pasti ada dampaknya ke permintaan. Masih dua hari kita masih wait and see karena masih awal-awal," kata dia saat ditemui, di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.

Meskipun demikian, dia mengatakan berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi selama ini, penurunan harga tiket pesawat cenderung diikuti dengan kenaikan permintaan. "(Secara historical?) Biasanya naik," ungkapnya.

Iko mengakui adanya penurunan permintaan tiket pesawat untuk rute domestik di kuartal I 2019. Salah satunya karena kenaikan harga tiket pesawat.

"Mengacu ke data BPS. Q1 (kuartal I) organik kalau tidak salah turun 15 sampai 19 persen domestik. kalau internasional permintaan organik meningkat range 15 sampai 20 persen," ujar dia.

 

Paling Banyak Dipesan

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Meskipun terjadi penurunan di kuartal pertama tahun 2019, lanjut Iko, pesawat masih jadi transportasi yang paling banyak dipesan di Traveloka, mencapai 67 persen.

Sementara untuk kegiatan mudik 2019 nanti, diperkirakan pemesanan tiket pesawat terbang akan mengalami kenaikan. Sebab, biasanya masa peak season dalam pemesanan tiket pesawat pesawat terbang ialah pada H-15 Lebaran.

"Tapi kalau untuk mudik saya lihat masih ada, demand masih meningkat. Paling tidak dari sisi search, orang masih lihat, masih berharap beli tiket pesawat. Jadi kita masih ada harapan dalam hal Lebaran. Pesawat masih meningkat, masih ada indikasi ke sana," tandas dia.

Diketahui, dinamika harga tiket pesawat yang terjadi akhir-akhir ini juga menyebabkan ada perubahan pilihan moda transportasidari pesawat ke angkutan darat, seperti Kereta Api dan Bus Antarkota.

Untuk permintaan tiket kereta api terpantau meningkat 30 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu. Sementara pembelian tiket bus antarkota naik signifikan mencapai 300 persen dibandingkan waktu normal.

Seperti diketahui, keputusan penurunan tarif batas atas (TBA) akan berlaku efektif sejak ditandatanganinya Peraturan Menteri Perhubungan dengan target 15 Mei 2019.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut