Kamis, 16 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Suara Rombeng Motor Ustaz Bangunkan Santri untuk Salat

Posted: 16 May 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur -

Salat limat waktu itu hukumnya wajib bagi umat muslim yang tidak berhalangan. Kadang-kadang, kendala utama untuk salat Subuh adalah bangun tepat waktu.

Baru-baru ini seorang ustaz asal Malaysia mencuri perhatian publik usai membangunkan para santrinya salat Subuh dengan cara yang unik. Jika biasanya orang akan mengetuk atau menggedor pintu kamar untuk membangunkan salat Subuh, yang dilakukan ustaz ini bisa dibilang cukup anti-mainstream.

Bagaimana tidak, dirinya justru membawa masuk motornya ke asrama para santri dan "menggeber" motornya untuk membangunkan santri-santrinya. Tentu saja hal ini membuat semua santri segera terbangun dalam waktu singkat.

Cara unik ustaz tersebut terekam kamera dan diunggah oleh akun Facebook Bikers Ridhwan Garaj. Dalam video berdurasi 26 detik tersebut terlihat sang ustaz mengendarai motornya menyusuri lorong asrama, dia lantas berhenti sejenak dan menggeber motornya dengan kencang. Tentu saja suara bising motor tersebut seketika membangunkan para santri.

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Komentar Warganet

Ustaz tersebut juga terlihat berteriak menyuruh para santri segera menuju masjid untuk melaksanakan salat Subuh. Dalam video juga terlihat para santri segera bergegas keluar kamar untuk segera pergi ke masjid untuk menunaikan salat Subuh. Unggahan tersebut sontak mencuri perhatian dan mendapat beragam komentar publik tak terkecuali warganet Tanah Air.

"Wkwkwk mantap," komentar akun @imadewiraananta.

"Ini baru ngegas..bukan kaleng''," kata @agungadiwijaya46.

"Besok pake RX-King pak," timpal pemilik akun @herryfa_.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Tegur Saksi Bahar Smith yang Singgung Soal Jokowi

Posted: 16 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Bandunga Muhamad Mahdi, saksi yang meringankan kasus dugaan penganiayaan terhadap remaja yang menjerat Bahar bin Smith, memberikan kesaksiannya di persidangan yang digelar Pengadilan Negeri Bandung, Kamis (16/5/2019).

Namun, Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad menegur Mahdi lantaran dirasa tidak fokus dalam menjalani persidangan. Keterangan Mahdi terpaksa disetop karena menyinggung kasus penghinaan Presiden Indonesia Joko Widodo yang juga sempat menjerat Bahar.

Sebelum ditegur hakim, Mahdi sedang menjelaskan tentang mediasi dengan dua korban, yakni CAJ (18) dan MKU (17). Ketika itu, Mahdi mengatakan, dia bertemu MKU di Rumah Sakit Polri Bogor dan sempat berbicara padanya.

"Saya mengobrol dari hati ke hati. 'Ente habib atau bukan itu urusan sama Allah, ane datang mewakili habaib dan Habib Bahar mau sampaikan kejadian apa pun, ditunggangi politik. Karena Habib Bahar ada kasus penghinaan Jokowi," ujar Mahdi di Gedung Perpustakaan dan Arsip Kota Bandung.

Belum selesai berbicara, hakim Edison langsung menghentikan keterangan Mahdi dan menegur saksi. "Saudara saksi, tolong fokus pada kasus ini saja. Jangan sampai melebar kemana-mana," tegas hakim Edison.

Majelis hakim mengingatkan saksi bahwa keterangan yang diberikan harus sesuai konteks. Oleh karena itu Edison membatasi.

"Kalau saudara datang soal mediasi, kita dengarkan," ujarnya.

Mahdi kemudian menjawab. "Maksud saya menjelaskan secara keseluruhan," ujar Mahdi.

"Saya mengerti, tapi yang ada hubungannya dengan terdakwa ini saja. Banyak cerita yang bisa dijelaskan. Mengerti?" tegas Edison.

"Mengerti yang mulia," jawab Mahdi.

Dalam kesaksiannya, Mahdi menyebutkan sempat bertemu dengan korban, CAJ dan MKU secara terpisah. Ia juga mengatakan kepada kedua korban, Bahar ingin melakukan audiensi dengan keluarga korban. Mahdi pun sempat memberikan nasihat kepada kedua korban.

Mahdi juga memberikan keterangan bahwa korban MKU sudah memaafkan Habib Bahar bin Smith. Namun tidak dengan orangtuanya, yang merasa sakit hati.

"Waktu itu MKU mengatakan, tidak bisa mencabut laporan karena yang membuat laporan adalah orang tuanya. Kami sempat mencari orang tua AM, tapi Habib Bahar terlanjur dibawa polisi," kata Hamid.

Jaksa Optimis Kesaksian Tak Patahkan Dakwaan

Ketua Majelis Hakim Edison Muhammad memimpin jalannya persidangan kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan Bahar bin Smith. (Huyogo Simbolon)

Sementara itu, jaksa penuntut umum (JPU) Irfan Wibowo optimis kesaksian para saksi meringankan dalam sidang kasus dugaan penganiayaan terhadap dua remaja, dengan terdakwa Bahar bin Smith, tidak akan meringankan dakwaan.

Seperti diketahui, sidang lanjutan Bahar Smith sudah dua kali mendengarkan pemeriksaan saksi meringankan yang didatangkan oleh tim kuasa hukum. Hari ini, dua saksi meringankan dihadirkan dalam persidanngan. Mereka adalah Muhamad Hamid yang merupakan kerabat Bahar serta satu saksi yang merupakan murid Bahar bernama Rusdi. Keduanya sama-sama mengetahui kasus Bahar dan melihat video penganiyaan.

Pada sidang sebelumnya, dua saksi meringankan juga dihadirkan pengacara Bahar. Mereka adalah Muhamad Nurcholis dan Hamid Isnaeni.

Menurut Irfan, seluruh kesaksian para saksi memperkuat sebagaimana dakwaan JPU.

"Diakuinya video tersebut dan sudah menonton buat kami semakin memperkuat apa yang didakwakan," kata Irfan.

Bahar didakwa melakukan penganiayaan terhadap dua remaja CAJ dan MKU. Dakwaan jaksa telah menguraikan detail aksi penganiayaan yang dilakukan Bahar.

Dalam dakwaan, Bahar dijerat pasal berlapis yakni Pasal 333 ayat 1 dan/atau Pasal 170 ayat 2 dan/atau Pasal 351 ayat 1 juncto Pasal 55 KUHP. Jaksa juga mendakwa Habib Bahar dengan Pasal 80 ayat (2) jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Irfan tak menampik jika selama bersaksi, ada hal yang meringankan hukuman Bahar. Misalnya, pengakuan Bahar akan perbuatannya serta surat pernyataan salah satu korban penganiayaan untuk tidak melapor ke polisi.

"Ya surat pernyataan itu menjadi hal yang meringankan nantinya dalam tuntutan maupun majelis nantinya dalam memgambil putusan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pangeran Harry Gugat Agensi Foto, Ada Apakah?

Posted: 16 May 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan keluarga kerajaan Inggris memang selalu sukses untuk mengundang perhatian banyak pihak. Meski begitu, Pangeran Harry tetap ingin mempertahankan privasi keluarga kecilnya bersama Meghan Markle dan sang buah hati, Archie.

Melansir Hello Magazine, Jumat (17/5/2019), Duke of Sussex merilis pernyataan sebagai bagian dari gugatannya pada agen foto. Rumah pedesaan Harry dan Meghan Markle senilai 2,5 juta Poundsterling atau sekitar Rp 46,2 miliar di Cotswolds difoto dari helikopter pada Januari lalu.

Foto-foto tersebut kemudian dicetak di surat kabar mendorong para bangsawan untuk pindah setelah khawatir akan "keselamatan dan keamanan" mereka. Ruang tamu, ruang makan, dan ruang tidur pasangan yang menikah pada 19 Mei 2018 itu juga terlihat.

Pernyataan Pangeran Harry dibacakan di pengadilan terbuka pada Kamis, 16 Mei 2019 yang mencatat bahwa ia menerima permintaan maaf agensi dan kerusakan substansial.

"Duke of Sussex mengakui dan menyambut permintaan maaf resmi dari Splash News and Picture Agency sebagaimana dirujuk dalam Pernyataan di Pengadilan Terbuka hari ini," demikian bunyi pernyataan singkat dari istana.

Melanggar Privasi

Meghan Markle dan Pangeran Harry tampil pertama kali dengan buah hati. (Dominic Lipinski / POOL / AFP)

Sedangkan, pernyataan pengadilan dibacakan oleh pengacara Pangeran Harry, Gerrard Tyrell berbunyi, "Properti itu telah dipilih oleh Duke untuk dirinya sendiri dan istrinya karena tingginya privasi yang diberikan karena posisinya di daerah terpencil yang dikelilingi oleh tanah pertanian pribadi jauh dari daerah mana pun yang memiliki akses fotografer."

"Helikopter terbang di atas rumah di ketinggian rendah yang memungkinkan Splash untuk mengambil foto dari dan ke ruang tamu dan ruang makan rumah dan langsung ke kamar tidur. Sindikasi dan publikasi foto-foto sangat serius merusak keselamatan dan keamanan Yang Mulia dan rumah sepanjang mereka tidak lagi bisa tinggal di properti." lanjut pernyataan itu.

Di sisi lain, pernyatan menyimpulkan bahwa agensi tersebut tidak akan mengulangi tindakan dengan memakai alat udara apa pun untuk mengambil foto dan rekaman film dari rumah pribadi Duke yang akan melanggar privasi atau hak data atau jika tidak menjadi aktivitas yang melanggar hukum.

"Splash selalu mengakui bahwa situasi ini merupakan kesalahan penilaian dan kami telah mengambil langkah-langkah untuk memastikannya tidak akan terulang. Kami meminta maaf kepada Duke dan Duchess atas kesusahan yang telah kami sebabkan," jelas pihak Splash.

Saat ini, Pangeran Harry dan Meghan Markle telah menetap di rumah baru mereka di Frogmore Cottage, Windsor dan di sana mereka berencana untuk membesarkan putra mereka, Archie.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Hewan Langka yang Hanya Hidup di Indonesia, Apa Saja?

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara terbesar dengan beragam keanekaragaman flora dan faunanya. Banyak sekali flora dan fauna yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia.

Hal ini terkait dengan posisi Indonesia yang strategis dan terdiri dari ratusan ribu pulau. Meskipun sebenarnya sebagian besar dari pulau-pulau tersebut tidak berpenghuni dan tidak tersentuh oleh dunia luar.

Namun, hal itulah yang membuat tempat tersebut menjadi istimewa dan menjadi rumah bagi berbagai hewan langka. Dikenal sebagai "The Lost World of Asia," berbagai kepulauan di Indonesia telah menyelamatkan berbagai hewan langka yang tidak bisa kamu temukan di belahan dunia mana pun.

Hewan-hewan ini telah hidup di tempat tersembunyi tersebut selama ribuan tahun. Selama berabad-abad lamanya, mereka telah selamat dari berbagai bencana dan pemburu hewan.

Jadi sangat wajar jika kita harus berterima kasih pada berbagai tempat "tersembunyi" dan terlindung ini. Mengutip dari Seasia, Jumat (17/5/2019), berikut beberapa hewan langka yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia.

1. Komodo

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggambarkan spesies yang satu ini. Komodo bisa ditemukan di pulau-pulau eksotis Indonesia, seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores.

Beberapa orang mengamati ukurannya yang besar, dan menyimpulkan bahwa komodo merupakan kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Komodo sendiri memiliki panjang yang mencapai hingga tiga meter.

Sedangkan beberapa orang lainnya berfokus pada evolusi yang dialami oleh reptil ini. Mereka memberi label komodo sebagai salah satu kerabat dekat dari dinosaurus dan spesies purba tertua yang masih hidup sampai sekarang.

Sangat aman untuk menjelajahi Pulau Komodo dan melihat kadal karnivora terbesar di dunia ini, sambil menikmati pemandangan indah yang ada di pulau tersebut. Namun, pastikan kamu telah mempelajari berbagai peraturan keselamatan secara menyeluruh.

2. Kerbau Anoa

Anoa adalah kerbau dengan ukuran yang sangat kecil (cebol). Terkadang, masyarakat setempat menyebutnya dengan sapiutan.

Anoa tinggal di seluruh hutan hujan di Sulawesi. Kerbau ini tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi. Anoa memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dari di mana tempat ia tinggal.

Penduduk lokal biasanya memburu anoa untuk dijadikan makanan bagi mereka. Sama seperti spesies kerbau lainnya, anoa juga dapat dimakan. Namun, banyak orang yang berpendapat bahwa hewan ini dapat memabukkan sehingga tidak bisa dikonsumsi. Anoa dewasa dapat berlari dengan kecepatan lebih dari 10km/jam dan mereka memiliki sepasang tanduk yang tajam.

3. Badak Jawa

Sumber: Mongabay.com

Badak jawa atau badak dengan cula satu yang lebih pendek adalah hewan langka lain yang ada di Indonesia. Sebagian besar dari badak ini ditemukan di Pulau Jawa.

Populasinya dari tahun ke tahun semakin menyusut. Badak jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

4. Babirusa

Nama hewan ini merupakan gabungan dari hewan babi dan rusa. Secara sekilas, bentuk babirusa seperti campuran antara kepala babi, kaki rusa, dan taring liar yang aneh.

Babirusa memang termasuk ke dalam keluarga babi, tetapi bentuk fisik dan pencernaannya yang seperti rusa, sangat menarik untuk diamati. Babirusa dapat ditemukan di Sulawesi Utara dan beberapa provinsi terdekat lainnya.

5. Maleo

Maleo merupakan salah satu jenis endemik Megapode besar yang ada di Pulau Sulawesi. Maleois adalah satu-satunya anggota dari genus monotip Macrocephalo.

Spesies ini dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan juga bukit-bukit di Sulawesi. Maleo adalah salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia.

6. Orangutan Sumatera

Orangutan Sumatera adalah salah satu spesies orangutan yang terancam punah. Hewan ini hanya ditemukan di Kepulauan Sumatera. Orangutan Sumatera liar merupakan hewan pemakan buah dan mereka hanya bertahan hidup di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

7. Cenderawasih

Cenderawasih adalah spesies endemik yang termasuk ke dalam keluarga Paradisaeidae, atau burung dari surga (paradise). Burung agung dan penuh warna ini dapat ditemukan di Papua, pulau paling timur di Indonesia.

Burung ini, terutama spesies jantannya, memiliki bulu yang sangat berornamen dan halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuh mereka.

Cenderawasih bisa memiliki beberapa campuran warna, dari kuning, cokelat, merah, oranye, hingga warna biru dan ungu yang berbeda-beda.

 

8. Monyet Hitam

Sumber: greeners.co

Yaki atau monyet wolai atau monyet hitam Sulawesi memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya, dengan pengecualian beberapa bulu berwarna silver yang ada di bagian bahunya. Menjadi hewan sosial, monyet hitam ini hidup dalam kelompok berisi 5 hingga 25 ekor atau bahkan lebih.

Biasanya, di dalam kelompok tersebut populasi monyet perempuan dewasa lebih banyak apabila dibandingkan dengan monyet laki-laki. Populasi manusia yang meningkat telah menjadi ancaman besar bagi keberlanjutan hidup monyet hitam ini.

Apabila dibandingkan dengan daerah asalnya, banyak dari jenis monyet ini yang hidup dengan lebih bebas di beberapa pulau kecil sekitar Sulawesi.

9. Merak

Merak adalah burung dari keluarga Phasianidae. Mereka adalah kerabat dari para petani. Merak dapat ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera.

Kamu juga bisa menemukan merak di India atau Malaysia, tetapi mereka berbeda dengan merak yang berasal dari Indonesia. Merak yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri, yaitu bulunya yang berwarna-warni.

Merak memiliki jenis yang berbeda-beda dan beberapa dari mereka memiliki warna bulu yang berbeda pula. Mereka sangat tenang tetapi di waktu yang bersamaan bisa menjadi agresif juga.

Kamu mungkin berpikir akan menyenangkan apabila bisa berfoto dengan hewan ini. Namun, kamu mungkin akan berubah pikiran setelah mengetahui bahwa merak dapat menyerang orang lain kapan saja.

10. Rangkong Helm

Secara fisik, burung ini memang memesona, dengan helm cerahnya yang ikonik dan sayap yang lebar dan luas. Namun, mungkin apa yang membuat rangkong helm menjadi begitu luar biasa adalah makna budaya yang disematkan kepadanya.

Di Kalimantan Barat atau Borneo, spesies rangkong ini dijadikan sebagai simbol alam ilahi. Mereka juga sering dimanifestasikan ke dalam seni tradisional dan berbagai ukiran.

Meskipun sekarang akan sulit untuk menemukan salah satu burung aneh ini, tetapi kamu bisa mendengar suara jeritan aneh mereka. Beberapa orang mengatakan suaranya seperti tawa nyaring yang terdengar dari jarak dua kilometer.

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Pinjamkan Dua Pemain ke Badak Lampung FC

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung resmi meminjamkan dua pemainnya, Fulgensius Billy Keraf dan Moch Al Amin Syukur Fisabilillah atau M Sabil ke sesama klub peserta Shopee Liga 1 2019, Perseru Badak Lampung FC. 

Billy dan Sabil sebelumnya terikat kontrak dengan tim berjuluk Maung Bandung. Namun tim arahan Robert Alberts harus mendaftarkan 30 pemainnya di liga.

"Karena memang tidak masuk kepada skema pelatih, alternatif ibaratnya dipinjamkan. Nah ini, masih dalam proses, nanti dalam proses timnya juga kita akan lakukan pengecekan lebih lanjut," kata Komisaris PT Persib Bamdung Bermartabat, Kuswara S. Taryono, Kamis (16/5/2019).

Billy dan Sabil sebelumnya tidak terlihat saat Persib menggelar launching tim di Hotel Savoyy Homann, Kota Bandung, Sabtu (11/5/2019) malam.

 

Sudah Diberitahu

Pemain Persib Bandung Billy Keraf

Kabar bergabungnya Billy dan Sabil juga diungkapkan manajemen Badak Lampung.

"Kami memang sudah diberitahu Sabil dan Billy ini dipinjamkan tapi nanti secara adminiatrasi tetap harus ngeklik dari dua klub, baik Persib maupin klub bersangkutan. Prinsipnya kita tidak berkeberatan," ujar Kuswara.

Realistis

Opsi peminjaman, menurut Kuswara, adalah solusi paling realistis bagi keduanya agar tetap berpeluang tampil di kompetisi.

"Opsinya supaya ada tetap menit bermain yaitu dipinjamkan untuk bisa tetap bermain di klub lain," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiket Pesawat Mahal, Perantau Minang Pulang Basamo Pakai Ribuan Mobil

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Padang - Menyambut Hari Raya Idulfitri, empat organisasi perantau Minang dipastikan akan pulang basamo atau mudik bersama via jalan darat menggunakan bus dan ribuan kendaraan pribadi.

"Sekarang baru empat, menjelang libur Lebaran akan makin banyak. Kami terus jalin komunikasi dengan organisasi perantau seluruh Indonesia," kata Kepala Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Sumbar Luhur Budianda, dilansir dari Antara, Jumat (17/5/2019).

Empat organisasi itu, katanya, masing-masing Sulik Air Sepakat (SAS), Ikatan Keluarga Kamang Barat, Nagari Koto Aur Malintang Padang Pariaman dan Ikatan Keluarga Kamang Saiyo.

Luhur memprediksi jumlah perantau yang pulang basamo lewat jalur darat tahun ini akan meningkat cukup signifikan yang dipengaruhi oleh mahalnya harga tiket pesawat.

Khusus SAS saja, kata dia, sudah melaporkan akan pulang bersama dengan 1.000 unit mobil. Belum lagi organisasi lain dan yang pulang secara pribadi.

Hal itu, ujarnya, merupakan peluang ekonomi sekaligus juga tantangan berat bagi masyarakat dan pemerintah daerah di Sumbar, tergantung bagaimana mengelola dan kesiapan di daerah.

Ia meyakini bahwa perekonomian masyarakat sepanjang jalan lintas Sumatera dari Dharmasraya, Sijunjung, Sawahlunto, Solok, Padangpanjang, Tanah Datar akan bergerak, jika bisa memanfaatkan momentum itu dengan baik.

Pedagang kuliner diprediksi paling diuntungkan meski sebagian besar hanya untuk sahur, berbuka dan istirahat malam, katanya.

"Rest area", ujar dia, akan menjadi kebutuhan mutlak bagi rombongan perantau dan menjadi titik interaksi bagi sektor perdagangan.

Selain itu, katanya, daerah tujuan wisata yang berada dekat di pinggir jalan lintas juga bisa menjadi pilihan rombongan mudik bersama untuk berhenti melepas penat sejenak.

Namun, katanya, jika pengelolaan tidak baik dan memunculkan banyak "pasar tumpah" yang mengakibatkan macet berjam-jam, ditambah lagi pengaturan lalu lintas tidak maksimal, keamanan serta kebersihan tidak terjaga, mudik bersama bisa dirasakan bagai "neraka" bagi perantau.

"Hal ini malah bisa menjadi faktor yang membuat perantau nantinya malas untuk pulang kampung, karena waktu banyak habis di jalan karena macet," kata Luhur.

Menurut dia, hal itu akan sangat merugikan karena potensi yang dibawa perantau pulang itu sangat besar, yakni silaturahim, "transfer" pengalaman hingga perputaran uang yang mencapai triliunan rupiah.

"Mari kita siapkan semua dengan baik agar pulang basamo terus menjadi tradisi yang menyenangkan di Sumbar," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Bos Pelindo II Turunkan Biaya Logistik

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pelindo II (Persero) tengah menjalankan misi menerapkan sistem jaringan pelabuhan terintegrasi atau yang disebut Trilogi Maritim. Konsep ini diyakini bisa menurunkan biaya logistik nasional.

Ini juga sejalan dengan rencana pemerintah untuk menurunkan biaya logistik sebesar 4,9 persen dalam tiga tahun ke depan.

Ada beberapa tantangan untuk menurunkan biaya logistik nasional. Mulai dari belum optimalnya jaringan pelayaran, belum adanya standarisasi pelabuhan, serta masih tingginya inefisiensi transportasi darat.

Dengan Trilogi Maritim, hambatan-hambatan itu bisa ditekan. "Tahun 2018, biaya logistik nasional sebesar 23,6 persen dari total produk domestik bruto. Kami yakin dengan Trilogi Maritim biaya logistik turun menjadi 18,7 persen pada tahun 2022," kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Elvyn G. Masassya, Jumat (17/5/2019).

Konsep Trilogi Maritim mencakup tiga pilar, yaitu standarisasi pelabuhan, aliansi pelayaran dan industri yang terakses baik dengan pelabuhan. Dalam hal standarisasi pelabuhan, perlu ada kualitas standar, baik fisik maupun teknologi yang digunakan.

"Sejak 2016 kami melakukan standarisasi pelabuhan dengan menitikberatkan pengembangan fisik serta digitalisasi, sehingga layanan dan operasional lebih cepat dan mudah. IPC terus melakukan transformasi untuk menjadi trade facilitator," ujarnya.

 

Tanjung Priok Jadi Pelabuhan Hub Terbesar di Asia Tenggara

Suasana Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (12/2).  (Liputan6.com/Johan Tallo)

Elvyn menyinggung kesiapan Pelabuhan Tanjung Priok menjadi pelabuhan hub terbesar di Asia Tenggara.

"IPC telah membuka layanan pelayaran langsung (direct call services) ke Amerika, Eropa, Australia dan Intra Asia. IPC terus mengembangkan layanan direct call dari Tanjung Priok, dan yang terbaru adalah melalui penguatan kerja sama dengan Pelabuhan Ningbo, Cina, akhir April lalu," tambahnya.

Dengan layanan direct call, ekspor atau impor tak perlu lagi mampir ke Singapura. Tanpa transhipment di Singapura, kata Elvyn, biaya jasa kepelabuhanan dan jasa tambang (freight cost) terpangkas hingga 40 persen.

Pelindo II Cetak Untung Rp 2,4 Triliun Sepanjang 2018

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC mencetak peningkatan laba bersih menjadi Rp 2,43 triliun sepanjang 2018, dari Rp 2,21 triliun di tahun sebelumnya. Sementara pendapatan usaha Rp 11,44 triliun, naik dari Rp 10,65 triliun pada tahun 2017.

Angka EBITDA meningkat menjadi Rp 4,17 triliun dari Rp 4,03 triliun di tahun sebelumnya. Secara keseluruhan total aset perseroan mencapai Rp 51,43 triliun di akhir 2018, dari Rp 47,22 triliun pada 2017.

 

Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya menjelaskan, memasuki Era Baru Pelabuhan, IPC berkomitmen untuk mendukung program pemerintah guna menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa melalui perbaikan infrastruktur dan suprastruktur serta digitalisasi pelabuhan.

"IPC menunjukkan peningkatan kinerja terjadi di berbagai lini baik dari sisi keuangan dan sisi operasional yang merupakan imbas atas berbagai upaya IPC untuk peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas operasional dalam rangka menuju visi menjadi pengelola pelabuhan berkelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan," kata Elvyn dalam keterangannya, Selasa (19/3/2019).

Sejalan dengan kinerja keuangan di tahun 2018, kinerja operasional IPC juga mengalami peningkatan. IPC mencatatkan throughput peti kemas sebesar 7,64 juta TEUs yang menjadi salah satu pencapaian tertinggi aktifitas IPC dalam kurun waktu 25 tahun terakhir.

Arus peti kemas ini meningkat 10,24 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 6,92 juta TEUs. Arus non peti kemas di tahun 2018 sebesar 61,97 juta Ton atau meningkat 8,55 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 57,09 juta Ton.

Arus kapal di tahun 2018 sebesar 224,3 juta GT atau meningkat 10,95 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 202,15 juta GT. Arus penumpang di tahun 2018 sebesar 714,93 ribu orang atau meningkat 39,25 persrn dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 612,68 ribu orang.

Kami melakukan transformasi di sisi operasional yang disebut dengan radical change pola operasional dari yang sebelumnya manual menuju digital. Digital bukan hanya dalam konteks pelayanan di terminal tapi melingkupi seluruh kegiatan pelabuhan secara korporasi, baik dari sisi laut maupun darat," tambah

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terpesona Dongeng Little Mermaid, Pramugara Ini Terobsesi Jadi Duyung

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Separuh manusia dan separuh ikan, putri duyung jadi salah satu makhluk dongeng yang begitu menarik perhatian. Tak hanya wanita yang mengidolai sosok fantasi ini, pria pun demikian. Salah seorang pria yang bermukim di New York, AS ini buktinya.

Ariel si duyung berambut merah dari kisah dongeng Disney The Little Mermaid rupanya begitu memesona John Rodriguez cilik. Sosok Ariel begitu melekat di benaknya. Sampai-sampai John yang kini dewasa dan bekerja sebagai pramugara itu memutuskan ingin hidup seperti Ariel.

Ketika tak bertugas, pria 29 tahun itu menikmati berenang-renang dengan kostum duyung di pantai. Impiannya, ingin berenang di perairan di seluruh dunia.

"Aku ingat The Little Mermaid adalah film pertama yang kutonton semasa kecil di Colombia. Dan aku terpesona serta jatuh cinta pada gagasan hidup di dalam laut," buka John.

"Itu seperti panggilan bagiku, begitu juga dengan kecintaanku pada air. Setiap kali aku berenang, aku selalu menggunakan kedua kakiku. Jadi aku sudah menguasai teknik hentakan duyung meski belum memiliki ekor," lanjutnya.

Menurut John, dia selalu merasakan kekebasan yang tak pernah dirasakan sebelumnya setiap kali berada di bawah air. Dia juga begitu menikmati berbaring di pantai, merasakan tekstur pasir serta bermandikan sinar matahari.

 

 

Ilustrasi Pantai  (iStock)

Demi menghidupkan mimpinya, John pun merogoh kocek sebesar 500 poundsterling atau setara Rp9,2 juta untuk mendapatkan baju ekor duyung. Kostum ini kerap dipakainya setiap kali berkunjung ke pantai.

"Aku pergi ke Miami untuk melakukan pengukuran tubuh demi mendapatkan ekor pertamaku. Mereka hanya punya ukuran standar, sementara aku ingin ekor yang dijahit khusus untuk tubuhku. Itu adalah pengalaman yang luar biasa," cerita John, melansir laman Daily Star, Jumat, (17/5/2019).

Ekor pertama John jadi dua minggu setelah dipesan. Dia pun kembali ke Miami untuk mengambilnya. Saat itulah dia memutuskan untuk selalu membawa serta pakaian duyungnya setiap kali akan mendarat di wilayah atau kota berpantai.

Uniknya, sejak 'memiliki ekor', John merasa aneh jika berenang tanpa mengenakan ekornya.

"Ketika berenang sebagai manusia biasa, aku merasa aneh. Aku menyukai pantai yang airnya bening. Sejauh ini aku menyukai Isla Majeures di Cancun, Meksiko. Pantai terbaik yang pernah kurenangi adalah Bonaire," ucapnya.

Satu kendala yang dirasakan John Rodriguez dalam menjalani hidup impiannya adalah membagi waktu antara pekerjaan dan passion. Dua hal tersebut saling bertolak belakang.

"Satu-satunya masalah yang harus kuhadapi adalah merawat telingaku dan menyelaraskan kedua passion-ku: sebagai pramugara dan sebagai duyung dalam waktu yang bersamaan," curhatnya.

Sebagai pramugara, John harus menjaga sinusnya. Dia tak boleh terbang dalam kondisi telinga tersumbat atau pilek. "Dan aku tak boleh melakukan olahraga ekstrem seperti scuba-diving sebelum atau sesudah terbang."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tata Janeeta Gugat Cerai Mehdi Zati

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nasib perjalanan rumah tangga Tata Janeeta dan Mehdi Zati berada di ujung tanduk. Tata Janeeta diketahui menggugat cerai Mehdi di Pengadilan Agama Jakarta Barat.

Kabar ini telah dibenarkan oleh Humas Pengadilan Agama Jakarta Barat, Abdul Hadi. Gugatan cerai itu telah dilayangkan pihak Tata Janeeta dua minggu lalu.

"Dua minggu yang lalu (menggugat cerai) diwakili kuasa hukumnya," imbuh Abdul Hadi seperti dikutip dari tayangan Hot Shot, Jumat (17/5/2019).

Sidang pertama seharusnya digelar pada Kamis (16/5/2019) dengan agenda mediasi. Namun persidangan terpaksa ditunda karena Mehdi Zati tidak hadir.

"Hari ini sidang pertama tetapi tergugat tidak hadir. Yang hadir kuasa hukum penggugat oleh karena itu sidang ditunda sampai tanggal 22 Mei 2019 untuk memanggil tergugat untuk kepentingan mediasi," kata Abdul Hadi.

 

Ditalak

Tata Janeeta (Sumber: Instagram/tatajaneetaofficial)

Perseteruan antara Mehdi Zati dan Tata Janeeta bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, saat masih berstatus sebagai istri siri, Mehdi pernah menjatuhkan talak kepada Tata lewat telepon.

Berselang beberapa bulan kemudian hubungan keduanya kembali membaik. Pada 2018, Tata Janeeta dan Mehdi Zati pun menggelar pernikahan secara negara yang dihadiri oleh keluarga dan sahabat dekat saja.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Pengendara Dipukul Penjaga Pintu Perlintasan Kereta

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Viral di masyarakat seorang pengendara sepeda motor yang dipukul oleh dua penjaga rel kereta api. Ternyata palaku mengakui perbuatannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Smartphone Xiaomi Bisa dari Vending Machine

Posted: 16 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi belum lama ini meluncurkan sebuah inovasi yang memungkinkan para pengguna membeli smartphone besutannya melalui vending machine yang dinamai Mi Express Kiosks.

Dilansir Yourstory, Jumat (17/5/2019), perusahaan smartphone asal Tiongkok ini membuat inovasi yang bertujuan untuk mempermudah konsumen membeli produknya.

Mesin ini menjual smartphone Xiaomi beserta aksesorinya, yang didesain untuk berbagai macam pembayaran, seperti kartu kredit, debit, cash, dan UPI.

Selain itu, mesin ini juga memberikan informasi mengenai produk yang akan dibeli melalui layar mesin tersebut dan dengan mudahnya konsumen dapat membayar dan mengambil produk yang telah dibeli pada box di bagian bawah mesin yang telah disediakan.

 

Hemat Biaya

Redmi Note 7. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Xiaomi memperkenalkan bentuk retail baru, yang menawarkan efisiensi bisnis e-commerce dan dianggap dapat menghemat biaya.

"Teknologi yang ada pada mesin Mi Express Kiosks telah diteliti dan dikembangkan di India, dan mulai dipasarkan di India," ungkap Xiaomi.

Vending machine ini mulai dipasarkan di India karena pasar Xiaomi terbesar berada di negara tersebut.

Mesin-mesin ini akan diletakan dibeberapa tempat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang, seperti taman teknologi, stasiun metro, bandara, dan pusat perbelanjaan. Mesin ini beroperasi mulai dari jam 10 pagi hingga 8 malam.

(Shintya Alfian/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Sebar Sketsa Wajah Wanita Korban Mutilasi di Pasar Besar Malang

Posted: 16 May 2019 09:56 PM PDT

Patroli, Malang - Untuk mengungkap jati diri wanita yang menjadi korban mutilasi di Pasar Besar Malang, polisi membuat sketsa wajah.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (17/5/2019), penggambaran sosok ini berdasarkan kepala korban yang ditemukan serta keterangan yang diberikan dari terduga pelaku, Sugeng Santoso.

Polisi menyebarkan sketsa wajah ini menggunakan media sosial agar masyarakat yang mengenali dapat segera melaporkannya.

Sementara itu, dalam video yang beredar di media sosial pasca-penangkapan, terduga pelaku mengungkapkan, wanita itu meninggal dunia karena sakit. Dan mutilasi itu dilakukan atas permintaan korban.

Warga di Kampung Jodipan Wetan, Gang Tiga, Kota Malang, mengenal terduga pelaku sebagai pribadi yang misterius dan kerap berbuat onar.

Dalam kasus ini Sugeng lolos dari jeratan hukum karena dianggap mengalami gangguan jiwa. Sebelum terjadi peristiwa ini, tetangga terduga pelaku sudah lama tidak mengetahui keberadaan Sugeng. Mereka tidak mengira lelaki itu diduga terlibat dalam kasus mutilasi ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Pakai Cara Unik Ajak Buka Puasa Gebetan, Ujungnya Bikin Miris

Posted: 16 May 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat memasuki bulan Ramadan biasanya hal yang tak pernah tertinggal ialah buka puasa bersama. Bahkan ajakan untuk buka puasa bersama bisa datang dari bermacam-macam teman. Mulai dari teman SD hingga teman kuliah. Belum lagi ada ajakan buka bersama teman kantor dan juga dengan sahabat-sahabat kamu.

Namun acara buka puasa bersama tentu cukup dinanti. Pasalnya kamu akan menjalani sillaturahmi dan akan lebih dekat satu dengan lainnya. Cara mudah untuk mengajak buka puasa bersama pun bisa dilakukan dengan langsung mengajak teman-teman di sebuah chat grup. Tapi kamu pun bisa mengajak secara personal.

Bahkan acara buka puasa bersama bisa jadi sebagai ajang untuk pendekatan dengan gebetan loh. Mengajak seorang gebetan untuk berbuka puasa bersama tentu bukan hal yang salah.

Salah seorang netizen dengan akun Twitter @dodialkusuma ini memiliki cara unik untuk mengajak gebetan buka puasa. Bahkan cara yang digunakan justru membuat sang gebetan yang seolah-oleh mengajak buka puasa bersama.

Dikutip Liputan6.com dari akun Twitter @dodialkusuma, Jumat (17/5/2019) cara mengajak gebetan untuk buka puasa bersama ini benar-benar kreatif.

Niat banget

Ajak buka puasa ala netizen (Sumber: Twitter/dodialkusuma)Ajak buka puasa ala netizen (Sumber: Twitter/dodialkusuma)

Akun Twitter @dodialkusuma sebelumnya pernah membuat cara unik mengajak gebetan untuk nonton film bersama. Jika sebelumnya akun @dodialkusuma menggunakan kuesioner penelitian, kali ini ia menggunakan link pada WhatsApp.

Ia mengunggah foto bagaimana caranya ia mengajak seseorang untuk bisa buka puasa bersama. Awalnya ia hanya meminta sang wanita untuk mendownload sebuah lagu pada link yang diberikan.

Namun setelah berhasil download, rupanya yang tertera adalah ajakan untuk buka puasa berasama. Bahkan sang wanita pun sempat kebingungan kenapa tiba-tiba muncul chat untuk mengajak @dodialkusuma buka puasa berasama.

Ujungnya Bikin Miris

Ajak buka puasa ala netizen (Sumber: Twitter/dodialkusuma)

Unggahan foto saat akun @dodialkusuma mengajak seseorang untuk buka puasa bersama tersebut pun mendapat berbagai komentar netizen. Tak sedikit pula yang menganggap cara dari @dodialkusuma tersebut kreatif.

Pasalnya ini bukan yang pertama ia menggunakan cara-cara unik mengajak seorang jalan bersama.

"Ada aja lo caranya orang ini keren gila," tulis akun @upikato.

"Haduu mas tep semangaat ya, mungkin dia maunya km ajak nikah," tulis akun @alfanfdh.

"Semangat mungkin Minggu bisa," ujar akun @esbatubara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tobat dan Ingin Pulang, WNI Ahli IT ISIS Masih Ditahan Militan Suriah

Posted: 16 May 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Utsman Mahdamy yang diketahui sebagai seorang Warga Negara Indonesia (WNI) ahli IT kelompok teroris ISIS dikabarkan masih ditahan oleh Syrian Democratic Forces (SDF).

"Utsman Mahdamy masih ditahan di Suriah. SDF yang menahan," terang kata Kasatgas Foreign Terrorist Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), AKBP Didik Novi Rahmanto saat dihubungi Liputan6.com, Jum'at (17/5/2019).

Didik menyebutkan, kemungkinan kepulangan Utsman akan dijemput pihak dari Indonesia. Ia sendiri belum bisa menyampaikan secara rinci perihal mekanisme penjemputannya, mengingat Utsman ditahan oleh SDF yang merupakan kelompok militan Suriah dan aktor non-negara.

"Kemungkinan ICRC (Komite Palang Merah Internasional) menjembatani, tapi sampai sekarang belem ada pembicaraan lagi," jelas Didik.

Menurut keterangan Didik, Utsman Mahdamy merupakan pria kelahiran Surakarta, 25 April 1990 dengan nama di paspor tertulis 'Utsman Mahdami'.

Ia berangkat dari Jakarta pada 25 Februari 2015 menuju Istanbul, Turki sebagai tempat transit untuk kemudian menuju wilayah Suriah.

Ia berangkat dengan menggunakan paspor bernomor A3491479. Pada 17 November 2017, dia diketahui ditangkap oleh SDF hingga saat ini.

Menurut keterangan Didik, yang bersangkutan merupakan kelompok Abu Jandal. Hal itu diduga dari fasilitator keberangkatan Utsman menuju Suriah yang merupakan anggota kelompok Abu Jandal, yakni Helmi Muhammad Alamudin.

"Yang bersangkutan Kelompok Abu Jandal karena yang memfasilitasi keberangkatan yang bersangkutan Helmi Muhammad Alamudin, yang merupakan anggota Kelompok Abu Jandal," terang Didik.

 

Sudah Sadar

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Sebelumnya dikabarkan, Utsman Mahdamy salah satu mantan anggota ISIS yang berada Suriah mengaku sudah sadar dan ingin kembali menjadi masyarakat biasa. Hal ini disampaikan Utsman melalui surat yang dia tulis sendiri dan dikirim ke Indonesia.

Ia diketahui merupakan seorang pakar IT ISIS. Dirinya mengaku siap menjalani proses hukum dan siap membantu Polri untuk mengungkap jaringan teror Indonesia yang terafiliasi dengan ISIS. Terkait adanya permohonan itu, Polri pun menyambutnya dengan positif.

"Kami sambut baik. Tetapi kami juga harus cerdas dan ada standar operasional prosedur (SOP) untuk kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, Kamis (16/5/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Waspada Manipulasi Penjualan Mobil Bekas

Posted: 16 May 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelang lebaran kerap jadi momen penipuan manipulasi kondisi mobil. Mobil bekas kondisi cacat namun dikemas dengan tampilan normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub: Pengemudi Ojol Puas Dengan Tarif Baru

Posted: 16 May 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi angkat bicara terkait keluhan aplikator ojek online (ojol). Keluhan yang muncul yakni terkait penurunan permintaan layanan pasca-kenaikan tarif ojol.

Budi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survei terkait penerapan tarif ojol. Hal ini dilakukan untuk mendapat masukan baik dari pengemudi maupun masyarakat. Rencananya, hasil survei akan diumumkan pada 18 Mei nanti.

"Dari kita melakukan survei. Ada dua lembaga, satu dari badan Litbang Kementerian Perhubungan, satu lagi lembaga survei yang independen," kata dia saat ditulis, Jumat (17/5/2019).

Dari hasil survei Balitbang, Budi mengaku sudah dilaporkan kepada Menteri Perhubungan untuk melihat bagaimana persepsi, opini, dan respon pasarnya maupun pengemudinya.

Hasil survei menunjukkan, dari sisi pengemudi rata-rata menyatakan puas dengan tarif baru. Sebab mereka mendapat hasil yang lebih dari sebelumnya.

"Dari masyarakat bagimana? Memang kalau misalkan dari 100 responden, 60 orang atau 60 persen diantaranya rela dengan tarif yang sekarang karena kan walau ada penambahan nilainya ratusan dari Rp 1.850 menjadi Rp 2.000 sekian," jelas dia.

 

Masyarakat Bisa Menerima Tarif Baru

Arus lalu lintas di sekitar kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Kamis (6/12). Keadaan ini mengganggu arus lalu lintas dan pejalan kaki. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Dari survey tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat dapat menerima pemberlakuan tarif baru. "Tarif yang dari kita yang net nanti tambah 20 persen itu gross-nya mungkin masih terjangkau. Jadi artinya saya tidak tahu kalau dari pihak aplikator kalau terjadi penurunan," ungkapnya.

"Saya kira gini, saat puasa awal kondisi ekonomi menurun. Masyarakat 60 persen setuju kalo itu untuk kesejahteraan pengemudi," pungkas Budi.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Liputan6.com

Sudah Ideal, Pengamat Nilai Tarif Ojek Online Jangan Sampai Turun Lagi

Pengemudi ojek online menunggu penumpang di Jakarta, Selasa (19/3). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan aturan ojek online sudah ditandatangani pada 11 Maret 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seperti diwartakan sebelumnya, Kementerian Perhubungan sejak tanggal 1 Mei 2019 sudah menetapkan tarif baru untuk ojek online alias ojol.

Pemberlakuan tarif baru tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) Nomor 348/2019.

Tarif baru yang ditetapkan oleh Kepmenhub ini, dinilai oleh Pengamat Transportasi yang juga Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Indonesia (MTI) Darmaningtyas, sudah ideal.

"Tarif yang diberlakukan sekarang sudah tengah-tengah, melindungi pengemudi dan juga melindungi penumpang," jelasnya.

Menurutnya jika tarif terlalu murah, yang senang hanya penumpang. Tetapi jika terlalu mahal penumpang tidak senang serta hanya pengemudi dan pemilik aplikasi yang diutungkan.

Lebih lanjut dikatakan Darma, tarif yang diberlakukan oleh Kemenhub saat ini terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan tarif ojol ketika pertama kali layanan ini muncul.

"Saat pertama kali layanan ini ada kan tarifnya Rp4.000/km, kemudian terlihat murah karena pemilik aplikasi menurunkan tarif semurah-murahnya dengan berbagai macam promo dan perang tarif, ungkapnya

Menyusul pemberlakuan tarif baru ini, pemilik aplikasi ojek online seperti Gojek menyatakan mengalami penurunan order karena tarif baru tersebut dianggap terlalu tinggi.

Gojek pun sempat berupaya mengembalikan ke tarif seperti semula (menurunkan tarif) atau tidak seperti yang ditetapkan pemerintah pada 1 Mei 2019 lalu.

Langkah penurunan tarif kembali yang dilakukan oleh Gojek ini. dinilai Darma merupakan sikap yang tidak patuh pada aturan.

"Sayangnya Kemenhub tidak bisa memberikan sanksi karena yang bisa memberikan sanksi adalah Komnfo mengingat ijin perusahaan aplikasi adanya di kominfo," imbuhnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lionel Messi Dapat Penghargaan dari Pemerintah Catalonia

Posted: 16 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi mendapatkan pengakuan kehebatan dari pemerintah Catalonia. Bintang Barcelona itu dianugerahi penghargaan bernama Creu de Sant Jordi.

Penghargaan yang diberikan kepada Lionel Messi ini pertama kali diciptakan pada 1981 silam. Ini merupakan sebuah bentuk pengakuan terhadap individu atau institusi atas pengabdian mereka terhadap wilayah Catalonia.

Penghargaan Creu de Sant Jordi merupakan penghargaan tertinggi kedua yang diberikan pemerintah Catalonia tiap tahunnya kepada beberapa penerima.

Lionel Messi mengikuti jejak legenda Barcelona, Johan Cruyff, yang juga pernah menerima penghargaan ini. 

Kehebatan Messi

Penyerang Barcelona Lionel Messi. (AFP/Josep Lago)

Messi bergabung dengan Barcelona sejak usianya masih 13 tahun. Pemain asal Argentina itu pertama kali masuk skuat senior Barca pada 2005 silam.

Sejak saat itu, Messi menjelma menjadi mesin gol Barca. Kini La Pulga menjadi top skorer sepanjang masa Barca dengan torehan 600 gol.

Hingga kini Messi mempersembahkan total 34 trofi bagi Barca, terbanyak untuk seorang pemain dalam sejarah Barca.

 

Bukan yang Pertama

Messi sendiri bukanlah pesepakbola pertama yang menerima penghargaan ini. Ia juga bukan pemain Barcelona pertama yang mendapat pengakuan ini.

Sebelum Messi, nama legenda Barcelona, Johan Cruyff pernah menerima penghargaan Creu de Sant Jordi ini pada 2006 silam. Barcelona sendiri sebagai sebuah institusi sempat menerima penghargaan ini pada 1992 silam.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata Ini Alasan Salman Khan Belum Menikah di Usia 53 Tahun

Posted: 16 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak kenal bintang besar Bollywood, Salman Khan. Sebagai salah satu aktor ternama, maka sudah pasti kehidupan Salman Khan menjadi perbincangan.

Termasuk kisah asmara Salman Khan yang selalu mencuri perhatian. Pasalnya pria berusia 53 ini nampaknya masih ragu untuk menikah padahal sudah beberapa kali dikabarkan dekat dengan wanita.

Meskipun memiliki popularitas tinggi, nyatanya kisah cinta Salman Khan tak sebaik kariernya. Padahal di industri Bollywood, nama Salman Khan menjadi satu di antara aktor yang cukup diperhitungkan.

Salman Khan seakan tak menghiraukan tentang statusnya yang masih single. Bintang Bollywood yang akrab disapa Sallu Bhai ini akhirnya angkat bicara mengenai alasannya masih betah melajang.

 

Alasan Salman Khan Belum Menikah

Salman Khan tidak diragukan lagi salah satu bujangan paling tampan di India. Nah, ini membuat penggemarnya bertanya-tanya mengapa dia masih belum menikah.

Meskipun aktor tersebut telah berkencan dengan banyak aktris dalam kehidupannya yang sebenarnya, dia tidak menikahi mereka.

Nah, inilah alasan mengapa aktor itu masih lajang. Seperti Liputan6.com lansir dari Bollyworm, Jumat (17/5/2019), salah satu sumber yang dekat dengan keluarga Khan mengungkapkan,

"Salman dikenal memberikan segalanya untuk keluarganya. Cintanya melampaui kesetiaan tanpa pamrih. Beberapa kali dia hampir menikah, tetapi dia tidak bisa memberi orang lain sama pentingnya dengan keluarganya. Salman berpikir itu tidak adil untuk berkomitmen pada pasangan dan tidak bisa memberikan segalanya, itulah alasan sebenarnya mengapa ia masih lajang."

Sumber itu menambahkan, "Sementara keluarganya ingin aktor itu menikah dengan wanita-wanita terkemuka yang terlibat asmara dengannya, Salman mengesampingkan minat pribadinya dan berinvestasi dalam membangun sebuah kerajaan untuk keluarganya."

Ya, diketahui Salman begitu sayang keluarganya. Bahkan ia bekerja mati-matian demi keluarganya agar tetap bisa hidup nyaman. Salman Khan mengenyampingkan kehidupan pribadinya demi keluarga. Itulah alasan mengapa Salman Khan hingga usia 53 tahun belum juga menikah.

Berikut beberapa wanita yang pernah singgah di hati Salman Khan seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/5/2019).

1. Sangeeta Bijlani

Sangeeta Bijlani

Sangeeta Bijlani sempat dikabarkan dekat dengan Salman Khan pada tahun 1988 silam. Kabarnya pula Sangeeta Bijlani menjadi wanita yang pertama yang berhasil merebut hati Salman Khan.

Kala itu Sangeeta yang 5 tahun lebih tua dari Salman Khan masih berusia 23 tahun. Hubungan keduanya begitu serius, bahkan mereka memutuskan untuk menikah. Bahkan undangan pernikahan sudah dicetak. Namun sayang, rencana tersebut gagal.

2. Somy Ali

Somy Ali (sumber: indiantoday)

Salman Khan juga pernah menjalin hubungan dengan Somy Ali selama 6 tahun. Aktris asal Pakistan tersebut masih berusia 19 tahun ketika menjalin hubungan dengan Salman Khan. Hubungan mereka kandas lantaran Somy pergi ke Amerika.

3. Aishwarya Rai

Aishwarya Rai (Pinterest)

Pada tahun 2000, kabar kedekatan Aishwarya Rai dengan Salman Khan ramai diperbincangkan. Hubungan asmara yang dijalin pun menjadi sorotan publik. Bahkan digadang-gadang menjadi pasangan seleb yang diidamkan banyak orang.

Namun sayang hubungan keduanya kandas. Hal ini dikarenakan, Aishwarya Rai tak tahan dengan sikap kasar Salman Khan.

4. Katrina Kaif

Setelah putus dari Salman Khan, ia berpacaran dengan Ranbir Kapoor. Namun jalinan asmara keduanya tidak berjalan lancar. (Foto: instagram.com/katrinakaif)

Rumor kedekatan Katrina Kaif dan Salman Khan mencuat pada tahun 2003 lalu. Keduanya diketahui saling jatuh cinta ketika membintangi sebuah film.

Namun pada tahun 2011 keduanya dikabarkan tak lagi menjalin hubungan. Meski begitu, keduanya masih menjalin pertemanan dengan baik. Bahkan mereka pernah kembali membintangi film yang sama.

5. Claudia Ciesla

Claudia Ciesla (sumber: thehindu)

Claudia juga masuk dalam daftar wanita yang pernah menjalin hubungan spesial dengan Salman Khan. Hal ini diketahui Salman Khan menghabiskan waktu bersama wanita bule tersebut, mereka juga pernah menghadiri sebuah pesta bersama. Belum diketahui alasan kandasnya hubungan mereka.

6. Iulia Vantur

Iulia Vantur kini pulang ke negeri asalnya, Rumania untuk syuting sebuah acara baru.

Iulia Vantur juga dikabarkan pernah menjalin hubungan spesial dengan Salman Khan. Keduanya pertama kali bertemu di Romania. Iulia Vantur merupakan seorang model dan presenter televisi di Romania.

Kabar kedekatan keduanya tampak begitu ramai diperbincangkan, bahkan keduanya dikabarkan telah bertunangan. Namun tak ada konfirmasi dari keduanya mengenai hal itu, termasuk hubungannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vihara Petak Sembilan Bagikan Ratusan Takjil Gratis untuk Buka Puasa Ramadan

Posted: 16 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vihara Dharma Bhakti (Kim Tek Le) di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat menyediakan sekitar 350 takjil dan makanan gratis saat buka puasa Ramadan bagi warga muslim yang tinggal di sekitar.

Hal itu dilakukan oleh vihara sebagai upaya untuk mempererat persaudaraan dan toleransi antarumat beragama.

"Ini adalah bentuk penghormatan kami. Siapa pun boleh datang ke sini untuk berbuka puasa," ujar sukarelawan di Vihara Dharma Bhakti Lucas Tjang, seperti dilansir Antara, Senin, 13 Mei 2019.

Dia menjelaskan, makanan untuk berbuka puasa Ramadan itu berasal dari sumbangan warga Tionghoa yang kerap beribadah di Vihara Dharma Bakti dan warga sekitar vihara.

"Makanan yang disediakan beragam, ada kolak, teh manis, serta nasi beserta lauk, sayur, gorengan, sambal, dan kerupuk," ucap Lucas.

Pengurus yayasan, lanjut dia, memberdayakan warung-warung kecil di sekitar vihara untuk menyediakan takjil gratis.

"Kita meminta warga sekitar yang berdagang untuk menyediakan takjil sampai makanan beratnya. Kami enggak mau warung-warung sekitar enggak laku, soalnya semua pada pilih ke sini gratis. Jadi saling berbagi rezeki," kata Lucas.

Ia mengatakan, acara buka puasa gratis di vihara ditujukan untuk menghormati umat muslim yang berpuasa sekaligus memperkuat persaudaraan dan toleransi antarumat beragama.

"Kita harus saling menghormati antar sesama manusia, entah dari ras, suku, atau agama apa. Kerukunan menjadi nilai penting. Vihara menggelar acara buka puasa gratis saat Ramadan sejak tahun lalu," papar Lucas.

 

Sambutan Baik Warga

Panitia menanti waktu berbuka sambil menyiapkan menu makanan berbuka puasa di Vihara Dharma Bakti di kawasan Petak Sembilan, Jakarta, Jumat (10/5/2019). Kegiatan ini rutin dilakukan komunitas muslim Tionghoa-Indonesia untuk mempererat kerukunan antar umat. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Rupanya, acara buka puasa gratis dari vihara mendapat sambutan baik dari warga sekitar. Mereka rela menunggu sejak pukul 16.00 WIB untuk ikut berbuka puasa bersama di vihara.

Sekitar pukul 17.30 WIB, panitia meminta warga berbaris untuk memudahkan pembagian makanan. Saat azan magrib berkumandang, 350 makanan yang disiapkan ludes dalam sekejap.

"Alhamdulillah dapat makanan gratis. Kalau enggak gini saya enggak bisa makan enak. Kalau mau makanan enak, istilahnya ada kolak terus daging ayam, kan enggak punya uang kita," kata warga Petak Sembilan, Samsuri (37).

Kebahagiaan yang sama dirasakan oleh Siti Rohmah (40). Ia bersama tiga anaknya rela menunggu berjam-jam untuk mendapatkan makanan gratis.

Ketika azan magrib datang, Siti dan anak-anaknya bersama-sama menyantap makanan gratis yang diberikan pengurus vihara.

"Kalau makan ramai-ramai jadi enak. Dan makanannya pun enak, kenyang. Jadi kita enggak usah beli," ucap Siti.

Vihara Dharma Bhakti menggelar acara buka puasa gratis sejak 7 Mei sampai 29 Mei 2019 bekerja sama dengan Komunitas Muslim Tionghoa Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Agama, Ki Joko Bodo Akui Kalah Pintar dari Anak

Posted: 16 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ki Joko Bodo telah bertobat. Sejak setahun lalu, mantan paranormal ini memutuskan untuk berhijrah. Selain berhenti dari pekerjaannya sebagai dukun, ia juga mulai mendalami agama.

Semakin ke sini, Ki Joko Bodo mengaku makin memahami ajaran agama. Makanya ia begitu bersemangat tiap kali mengingatkan anak-anaknya, supaya tidak mengikuti jejak kelamnya dulu.

"Seperti yang pernah saya lakukan, saya ini kan penuh dosa. Ketika anak-anak belajar agama kan dia tahu ini batas dosa dan mana tidak. Jadi agama tuh sangat penting buat anak saya biar akhlaknya bagus," ungkap Ki Joko Bodo, di Jakarta baru-baru ini.

Beruntung, tak ada anak-anak yang mengikuti jejak Ki Joko Bodo dahulu. Sebaliknya, anak-anak Ki Joko Bodo justru lebih menguasai ilmu agama ketimbang ayahnya.

"Baca Alquran, suruh mengaji, kemudian salat dan sebagainya. Malah lebih pintar anakku daripada aku," ceplosnya.

Lebih Khusyuk

Ki Joko Bodo (Instagram: Kapanlagi.com)

Selain itu, Ramadan tahun ini menjadi momen penting dalam hijrah Ki Joko Bodo. "Kalau dulu ibadah Senin Kamis (jarang-jarang), kalau sekarang lebih mendekatkan diri. Apalagi ini bulan puasa jadi kita lebih khusyuk beribadah kepada Yang Maha Kuasa," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Jasad Wanita Terikat dalam Karung di Waduk Pluit

Posted: 16 May 2019 09:38 PM PDT

Patroli, Jakarta - Pembunuhan wanita yang jasadnya ditemukan terikat dalam karung di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, saat ini masih dalam proses penyelidikan aparat Polres Jakarta Utara.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Jumat (17/5/2019), kepolisian menunggu hasil autopsi jenazah di Rumah Sakit Ciptomangunkusumo (RSCM) Jakarta. Hasil tersebut dijadikan petunjuk bagi polisi untuk melakukan penyelidikan tewasnya korban.

Sementara itu, Tim Inafis Bareskrim Polri terus mencari data melalui sidik jari maupun retina wanita yang diduga korban pembunuhan. Masyarakat juga diharapkan melapor ke kepolisian jika ada keluarga atau kerabat yang hilang.

Jasad wanita tanpa identitas ditemukan petugas UPK Badan Air di kawasan Waduk Pluit pada Rabu,15Mei lalu. Saat ditemukan, jasad terikat di bagian kaki dan tangan dalam kondisi sudah membusuk. Dari hasil identifikasi awal, korban diperkirakan berusia antara 25 hingga 35 tahun dan berambut panjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sunjaya Dicopot Sebagai Bupati Cirebon 15 Menit Usai Dilantik

Posted: 16 May 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa suap jual-beli jabatan di Kabupaten Cirebon, Sunjaya Purwadisastra dilantik sebagai Bupati Cirebon periode 2019-2024 oleh Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil atau Emil, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Jumat.

Seusai Emil membacakan berita acara pelantikan, Sunjaya kemudian diberhentikan dari jabatannya sebagai Bupati Cirebon. Sunjaya merasakan jabatan sebagai Bupati Cirebon sekitar 10-15 menit saja setelah itu diberhentikan sementara.

Sunjata Purwadisastra dan Imron Rosyadi dilantik oleh Ridwan Kamil sebagai Bupati dan Wakil Bupati Cirebon periode 2019-2024.

Seharusnya pelantikan ini dilaksanakan pada akhir masa jabatan Bupati Cirebon periode 2014-2019, yakni pada Selasa, 19 Maret 2019.

Namun berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32/2095/sj tertanggal 6 Maret 2019, atas pertimbangan proses hukum bupati terpilih dan kondusifitas menjelang Pemilu 2019, sehingga meminta Gubernur Jawa Barat agar mempertimbangkan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Cirebon terpilih dilaksanakan pasca pemilu 2019.

"Penting saya sampaikan bahwa pelantikan ini harus sesuai amanat undang-undang 10 tahun 2016 pasal 164 ayat (7) yaitu dalam hal calon bupati dan/atau calon wakil bupati terpilih ditetapkan menjadi terdakwa pada saat pelantikan, yang bersangkutan tetap dilantik menjadi bupati dan/atau wakil bupati, kemudian saat itu juga diberhentikan sementara sebagai bupati dan/atau wakil bupati," kata Emil dikutip dari Antara, Jumat (17/5/2019).

Dia mengatakan, amanat pelantikan tertuang dalam Surat Mendagri nomor 131.32/7959/otda tanggal 4 oktober 2019 hal penyampaian keputusan Menteri Dalam Negeri terkait pemberhentian Bupati Cirebon masa jabatan 2014-2019 dan pengangkatan bupati serta Wakil Bupati Cirebon masa jabatan 2019-2024, serta surat Mendagri Nomor 131.32/2650/otda tertanggal 9 Mei 2019 hal penyampaian keputusan menteri dalam negeri terkait pemberhentian penjabat Bupati Cirebon.

"Berdasarkan ketentuan dan amanat sebagaimana dimaksud, pada hari ini dilaksanakan pelantikan terhadap Bupati dan Wakil Bupati Cirebon terpilih masa jabatan tahun 2019-2024," kata Emil.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Lindungi Roberto Firmino dari Godaan PSG

Posted: 16 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Upaya Paris Saint-Germain (PSG) mendapatkan striker Liverpool Roberto Firmino di musim panas 2019 dipastikan menemui jalan buntu. Sebab, Liverpool tidak berminat melepaskan Firmino ke klub manapun.

Beberapa hari ini, PSG dirumorkan akan bermanuver untuk mendatangkan Firmino ke Parc Des Princes. Mereka berencana menjadikan striker Liverpool itu sebagai tulang punggung lini serang yang baru karena mereka diberitakan akan kehilangan Edinson Cavani pada musim panas nanti.

PSG sendiri disebut sudah mulai ambil ancang-ancang untuk menawar Firmino. Mereka bahkan sudah menghubungi Liverpool untuk menanyakan ketersediaan sang striker di bursa transfer nanti.

Dilansir BBC Sports, pendekatan PSG itu mendapatkan penolakan dari Liverpool. Pihak The Reds disebut sama sekali tidak tertarik menjual sang pemain ke klub manapun.

Laporan tersebut mengklaim bahwa Liverpool sudah memasang status tidak jual bagi Firmino di musim panas nanti.

Semenjak datang dari Hoffenheim, Firmino sudah menjadi andalan lini serang The Reds. Ia berhasil menciptakan chemistry yang apik bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane di lini serang The Reds.

Jika Firmino pergi, Liverpool dinilai bakal kesulitan untuk menciptakan trio lini serang yang mematikan di musim panas nanti. Untuk itu mereka berencana untuk menjualnya dengan harga berapapun.

 

Butuh Injeksi Striker

Striker Liverpool, Roberto Firmino berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester City pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Etihad (3/1). City menang tipis atas Liverpool 2-1. (AP Photo/Jon Super)

Laporan yang sama mengklaim Liverpool tidak akan melepaskan Firmino karena mereka merasa kekurangan stok penyerang top di lini serang mereka.

Musim ini selain Firmino, Liverpool memiliki Divock Origi dan Daniel Sturridge yang bisa bermain sebagai ujung tombak mereka. Namun kedua pemain tersebut masih belum tampil konsisten sehingga mereka tidak mendapatkan porsi bermain yang banyak musim ini.

Untuk itu Klopp disebut ingin mendatangkan satu penyerang berkualitas ke Anfield agar lini serang mereka memiliki kedalaman yang bagus untuk musim depan.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lolos Uji Coba Perdana, Taksi Terbang Bertenaga Listrik Resmi Diluncurkan

Posted: 16 May 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Munich - Jet bertenaga listrik pertama yang bisa lepas landas dan mendarat secara vertikal, resmi diluncurkan baru-baru ini setelah sukses melewati uji coba perdananya.

Dibuat oleh perusahaan startup asal Jerman, Lilium, jet ramah lingkungan itu dirancang sebagai taksi terbang dengan lima kursi, yang dapat dioperasional oleh pilot atau dalam mode drone.

Taksi terbang itu diperkirakan dapat beroperasi di kota-kota di seluruh dunia pada 2025 mendatang, dengan sistem layanan serupa moda transportasi konvensional sejenis.

Dikutip dari The Straits Times pada Jumat (17/5/2019), taksi terbang ini diklaim akan bebas emisi, lima kali lebih cepat dari mobil, dan menghasilkan lebih sedikit suara daripada sepeda motor.

Lilium memiliki dana US$ 100 juta (setara Rp 1,4 triliun), dan harus mengumpulkan setidaknya jumlah yang sama untuk membawa model itu ke pasaran, sekaligus menyiapkan gaji bagi ratusan calon pekerjanya, kata Daniel Wiegand, kepala eksekutif setempat, kepada Bloomberg TV.

Dalam operasional maksimumnya, taksi terbang dapat menjelajah sejauh 300 kilometer, yang memungkinkan perjalanan dari New York ke Boston.

Contoh lain, perjalanan singkat antara Bandara Internasional John F Kennedy dan pusat kota New York di Manhattan, akan menelan biaya sekitar US$ 70 (sekitar Rp 1 juta) per penumpang.

Tarif tersebut menjadikan taksi terbang lebih murah dibandingkan menyewa helikopter, atau layanan limusin kelas atas dari bandara ke pusat kota.

 

 

Uji Coba Perdana Berjalan Sukses

Penampakan prototipe taksi udara CityAirbus saat diperkenalkan di Ingolstadt, Jerman, Senin (11/3). Taksi canggih bertenaga listrik ini mampu mengangkut empat penumpang dan dapat terbang sejauh 50 kilometer lebih. (Armin Weigel/dpa/AFP)

Sebuah prototipe taksi terbang dalam skala penuh, melakukan penerbangan debutnya dari pangkalan Lilium di dekat Munich, Jerman, pada 4 Mei 2019, dan semenjak itu telah diulang berkali-kali, kata perusahaan terkait dalam sebuah pernyataan.

Taksi terbang ini didukung oleh tenaga 36 mesin jet berbahan bakar listrik, yang akan memberikan kualitas penerbangan seperti pesawat konvensional.

Lebih dari itu, taksi terbang ini juga hanya menggunakan 10 persen energi untuk mode drone multi-rotor, yang beroperasi layaknya helikopter.

Penghematan itu pada gilirannya memungkinkan taksi terbang beroperasi 8-10 kali dalam jarak pendek, sekaligus mengatasi berbagai hambatan utama bagi pesawat bertenaga listrik.

 

Dilirik Beberapa Kota Besar Dunia

Ilustrasi Bendera Jerman (pixabay.com)

Lilium mengatakan bahwa taksi terbang besutannya telah diminati oleh beberapa kota besar dunia, di mana nantinya akan disalurkan 20 unit di masing-masing lokasi.

Perakitan taksi terbang ini rencananya akan tetap berjalan independen, di mana perusahaan membuat sendiri mesin, baterai, dan struktur komposit.

Sementara itu, Lilium juga telah mulai meminta persetujuan dari regulator penerbangan Eropa dan AS, yang akan menjadikannya jet listrik bersertifikasi pertama dalam sejarah.

Saat ini, ada lebih dari 100 program pengembangan pesawat listrik yang berbeda di seluruh dunia, dengan pesaing terbesar Lilium termasuk Joby Aviation dan Kitty Hawk, yang modelnya adalah rotor listrik penuh.,

Penawaran teknologi taksi terbang juga telah diajukan oleh gabungan Airbus SE, Boeing Co dan Bell Helicopter, yang bermitra dengan Uber Technologies Inc sebagai operatornya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: WhatsApp Rentan Dibobol Hacker Curi Perhatian

Posted: 16 May 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, kerentanan keamanan yang dimiliki WhatsApp dimanfaatkan hacker untuk menyebarkan spyware.

Artikel tentang pembobolan aplikasi pesan milik Facebook itu mencuri perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Kamis (16/5/2019).

Artikel lain yang juga menjadi perhatian, termasuk seorang remaja melakukan aksi bunuh diri gara-gara fitur polling di Instagram, dan imbauan BSSN untuk meng-update aplikasi WhatsApp.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa intip ketiga artikel tersebut berikut ini.

1. HEADLINE: WhatsApp Rentan Dibobol Hacker, Awas Pencurian Data Pribadi

Ilustrasi Whatsapp (Foto: Unsplash.com/ Rachit Tank)

Lebih dari 1,5 miliar pengguna didesak untuk memperbarui aplikasi WhatsApp. Imbauan ini muncul di tengah berita soal adanya panggilan suara misterius lewat WhatsApp yang tampaknya berbahaya, dan memungkinkan peretas mengakses smartphone pengguna.

Kerentanan keamanan ini bisa membuat peretas menyebarkan spyware, bahkan jika pengguna tidak menjawab panggilan tersebut.

Hingga saat ini belum diketahui berapa banyak pengguna yang ditargetkan atau terpengaruh. Untuk menangkal hal tersebut, selain memperbarui perangkat lunaknya, WhatsApp juga menambal celah keamanan.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Remaja Bunuh Diri Gara-Gara Fitur Polling di Instagram

Ilustrasi Bunuh Diri (iStockphoto)

Seorang remaja putri berusia 16 tahun di Malaysia dikabarkan membunuh dirinya sendiri setelah mengunggah sebuah polling di Instagram.

Rupanya, dalam unggahannya, gadis tersebut bertanya kepada follower-nya apakah dia harus bunuh diri atau tidak. Alih-alih menyarankan remaja tersebut untuk tidak bunuh diri, pengguna malah memilih bunuh diri dengan persentase 69 persen.

Mengutip laman The Guardian, Jumat (17/5/2019), kepolisian di Sarawak, Malaysia, mengatakan, gadis yang tidak disebutkan namanya itu mengunggah foto di Instagram dengan pesan, "sangat penting. Bantu aku untuk memilih D/L."

Selengkapnya baca di sini

3. BSSN Imbau Pengguna WhatsApp Segera Perbaru Aplikasi

WhatsApp. telegraph.co.uk

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) langsung menerbitkan imbauan untuk para pengguna WhatsApp menyusul ditemukannya spyware yang menyerang aplikasi chatting tersebut.

Melalui akun Twitternya, BSSN mengingatkan agar para pengguna segera memperbarui aplikasi WhatsApp di perangkatnya. Hal ini dilakukan karena adalah celah keamanan Remote Code Execution (RCE).

"Celah keamanan Remote Code Execution (RCE) CVE-2019-2568 pada WhatsApp memungkinkan penyerang mengeksploitasi fungsi panggilan telepon dan menginstalasi malware secara remote. Segera update aplikasi WhatsApp," tulis akun @BSSN_RI.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Beri Sertifikasi Konstruksi Prajurit TNI AD

Posted: 16 May 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan sertifikasi kompetensi di bidang konstruksi kepada para prajurit Zeni TNI AD. Hal ini dalam rangka mendukung pembangunan infrastruktur oleh para anggota TNI, khususnya di wilayah perbatasan dan rawan konflik.

"Kami menyadari bahwa pembangunan Infrastruktur memerlukan kerjasama dari semua pihak, termasuk militer. Dan hal ini sudah terbukti dimana tidak sedikit proyek Infrastruktur terutama di daerah rawan yang mendapat penjagaan militer bahkan mereka pun terjun langsung di dalamnya. Untuk itu kini saatnya TNI AD pun mendapat sertifikasi kompetensi tenaga kerja," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Dia menyadari jika pembangunan Infrastruktur memerlukan kerja sama dari semua pihak, termasuk militer. Hal ini sudah terbukti dimana tidak sedikit proyek infrastruktur, terutama di daerah rawan, yang mendapat penjagaan militer, bahkan mereka pun terjun langsung dalam pelaksanaan konstruksi.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada Zeni TNI AD yang turut menjalankan peraturan Undang-Undang No 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi yang menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja pada pembangunan konstruksi harus memiliki kompetensi dan kualitas yang terjamin melalui sertifikat. Untuk itu kini saatnya TNI AD pun mendapat sertifikasi kompetensi tenaga kerja," tutur dia.

Dia menambahkan, selama ini keterlibatan TNI di bidang infrastruktur tidak hanya jalan dan jembatan saja seperti Jalan Trans Wamena-Mumugu, Jalan Pararel Perbatasan Kalimantan dan Papua, akan tetapi juga terlibat dalam pembangunan infrastruktur pascabencana seperti di Pidie Aceh, Garut Jawa Barat, Lombok NTB, Palu Sulawesi tengah, serta erupsi Gunung Sinabung.

"Untuk itu ke depannya kalau diijinkan, para prajurit yang sudah disertifikasi ini bisa dilibatkan dalam proyek pembangunan Bendungan agar memperoleh pengalaman," dia menambahkan.

 

Usulan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan sertifikasi kompetensi di bidang konstruksi kepada para prajurit Zeni TNI AD. Dok PUPR

Kegiatan sertifikasi kompetensi bidang konstruksi ini merupakan usulan dari Direktorat Zeni Angkatan Darat kepada Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi untuk mensertifikasi sebanyak 1.173 prajurit di wilayah DKI Jakarta.

Permintaan ini akan terus ditindaklanjuti oleh Ditjen Bina Konstruksi dengan menginstruksikan ke semua Balai Jasa Konstruksi Wilayah di seluruh Indonesia untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi bidang konstruksi bagi Prajurit Zeni AD, tidak hanya di Jakarta tetapi juga di seluruh Indonesia.

Para prajurit Zeni TNI AD akan mendapatkan pembekalan dengan materi regulasi peraturan jasa konstruksi dan materi keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi (K3). Selanjutnya, para peserta akan melaksanakan proses sertifikasi menggunakan metode wawancara yang dilakukan oleh tim assesor dari LPJKP DKI Jakarta.

"Dengan semangat dan sinergi yang kuat, kita dapat meningkatkan daya saing Infrastruktur, menciptakan infrastruktur yang handal, serta menciptakan tenaga kerja konstruksi yang kompeten dan berdaya saing," pungkas Menteri Basuki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lapas di Langkat Rusuh, Sejumlah Narapidana Kabur

Posted: 16 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Permasyarakatan Narkotika di Langkat Sumatera Utara rusuh hari Kamis (16/5). Bangunan lapas rusak serta beberapa kendaraan hangus terbakar. Sejumlah narapidana berhasil kabur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Ramadan Disebut Bulan Suci, Amalan yang Dinilai Langsung oleh Allah SWT

Posted: 16 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap umat Muslim sangat senang ketika bulan Ramadan datang. Maka tak heran, banyak umat Muslim yang menyambut bulan suci ini dengan suka cita. Ya, di bulan Ramadan sangat mudah untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Oleh karena itu, umat Muslim berlomba-lomba menjalankan ibadah mulai dari berpuasa, shalat tarawih, sedekah, dan lain sebagainya. 

Nah, kalau kamu sering mendengat Ramadan disebut dengan bulan suci, itu bukan tanpa alasan. Ternyata, alasan Ramadan disebut bulan suci karena, diriwayatkan hadis Bukhari:

"Setiap amalan anak adam itu untuknya kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan akulah yang membalasnya."

Melalui hadist ini dapat melihat bahwa puasa merupakan amalan manusia yang dijamin langsung oleh Allah SWT. Ibadah ini tidak hanya untuk kepentingan manusia, namun juga Allah SWT. Puasa yang dijalankan seorang Muslim saat Ramadan juga dinilai langsung oleh Allah SWT.

Sehingga dapat ditangkap makna Allah-lah yang telah menyucikan Ramadan. Salah satu sebabnya, ada hamba-hambaNya yang menunjukkan ketakwaan dengan menjalankan puasa, seperti tercantum dalam Surat Al-Baqarah ayat 183.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa".

Nama Sebutan Lain untuk Bulan Ramadan

Alasan Ramadan Disebut Bulan Suci / Sumber: iStockphoto

Selain disebut sebagai bulan suci, ternyata ada nama-nama lain dari bulan Ramadan. Sebagaimana yang telah disarikan dari kitab Ittihaf al-Anam bi Ahkam ash-Shiyam karya Dr. Zainuddin bin Muhammad bin Husain bin al-'Aydarus al-Ba'alawy.

Berikut ini Liputan6.com, Senin (13/5/2019) telah merangkum dari kanal NU Online terkait nama-nama lain dari bulan Ramadan.

Bulan Alquran

Bulan Ramadan juga dinamakan dengan bulan alquran, sebagaimana yang telah diketahui bahwa di bulan inilah Alquran diturunkan. Dalam Alquran surat Al-Baqoroh ayat 185 Allah berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ

"Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)".

Malaikat Jibril AS juga mengajarkan Alquran pada Nabi Muhammad pada bulan ini, sebagaimana riwayat dari Ibnu 'Abbas RA.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Dari Ibnu Abbas, ia berkata: "Rasulullah adalah orang yang paling murah hati, lebih-lebih ketika bertemu Jibril di bulan Ramadhan. Beliau bertemu Jibril pada pada setiap malam bulan Ramadhan untuk tadarus Al-Qur'an. Maka sifat murah hati Rasulullah melebihi hembusan angin." (HR. Bukhari)

Selain keistimewaan bulan Ramadhan dari dua dalil di atas, para ulama pun menghatamkan Alquran di bulan ini lebih banyak dari bulan-bulan lainnya.

Nama Sebutan Lain untuk Bulan Ramadan

Alasan Ramadan Disebut Bulan Suci / Sumber: iStockphoto

Bulan Puasa

Bulan Ramadan juga bisa disebut dengan bulan puasa. Ibadah inilah yang paling istimewa dalam bulan Ramadan. Sehingga penyebutan bulan Ramadan dengan bulan puasa sudah mendarah daging. Ditambah lagi dengan keutamaan melaksanakan puasa pada bulan Ramadan, sebagaimana riwayat dari Abu Hurairah RA:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : " مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang mendirikan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (HR Bukhari).

Bulan Shalat Malam

Sebagaimana telah disinggung bahwa Ramadan merupakan bulan yang dimana pahala akan dilipatgandakan. Oleh sebab itu, banyak kaum Muslimin yang turut meramaikan malam-malamnya dengan beribadah, salah satunya adalah shalat tarawih.

Disebut dengan Syahrul Qiyam karena ada hadits yang berisi keutamaan qiyam di bulan ini.

عن أبي هريرة رضي الله عنه قال كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يرغب في قيام رمضان من غير أن يأمرهم بعزيمة ثم قال من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه. متفق عليه

Dari Abu Hurairah RA berkata: "Bahwasanya Rasulullah senantiasa menghimbau dalam shalat di malam Ramadan, imbauan yang tidak bersifat mewajibkan. Kemudian beliau bersabda: "Barangsiapa yang bangun mendirikan Ramadan dengan iman dan ikhlas, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim).

Nama Sebutan Lain untuk Bulan Ramadan

Alasan Ramadan Disebut Bulan Suci / Sumber: iStockphoto

Bulan Doa

Bulan Ramadan juga identik dengan bulan doa, bahkan salah satu waktu mustajabnya doa saat menjelang buka puasa. Hal ini dijelaskan dalam hadits Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dari riwayat 'Ubadah RA:

أتاكم رمضان شهر بركة ، فيه خير يغشيكم الله فيه، فتنزل الرحمة ، وتحط الخطايا، ويستجاب فيه الدعاء، فينظر الله إلى تنافسكم ، ويباهي بكم ملائكته، فأروا الله من أنفسكم خيرا، فإن الشقي من حرم فيه رحمة الله عز وجل

Telah datang pada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh keberkahan, di dalamnya ada kebaikan yang meliputi kalian, maka turunlah rahmat, berguguran segala kesalahan dan dosa, di dalamnya doa dikabulkan, maka Allah melihat semangat kalian, dan para malaikat sangat dengan kalian, maka perlihatkan di hadapan Allah yang terbaik dari jiwa-jiwa kalian, karena sesungguhnya celaka bagi siapa yang diharamkan di dalamnya rahmat Allah SWT.

Bulan Rahmat

Allah SWT banyak memberi rahmat dalam bulan ini, dimana umat Muslim bisa merasakannya sendiri bagaimana melimpahnya kasih sayang Ia kepada makhluknya, berupa pengampunan dosa hamba-hambanya.

Abu Hurairah RA meriwayatkan hadits dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ، وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَيُنَادِي مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنْ النَّارِ وَذَلكَ كُلُّ لَيْلَةٍ‎

Dari Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, 'Pada malam pertama bulan Ramadan setan-setan dan jin-jin yang jahat dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satupun pintu yang terbuka dan pintu-pintu surga dibuka, tidak ada satupun pintu yang tertutup, serta penyeru menyeru, "Wahai yang mengharapkan kebaikan bersegeralah (kepada ketaatan), wahai yang mengharapkan keburukan berhentilah, Allah SWT memiliki hamba-hamba yang selamat dari api neraka pada setiap malam di bulan Ramadan." (HR At-Tirmidzi).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Putra Yuni Shara Mirip Raffi Ahmad?

Posted: 16 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki dua orang anak laki-laki, Yuni Shara diketahui sangat dekat dengan Cavin Obient Salomo Siahaan dan Cello Obient Siahaan. Ia tak segan bermanja dengan keduanya.

Seperti dalam sebuah foto yang diunggah Yuni Shara, di akun Instagramnya, baru-baru ini.

Di foto itu, Yuni Shara bersandar di bahu putra sulungnya. Yuni terlihat sangat bahagia.

"Sandaran @c_obrient .📷 Tante Ai @kartikasary .#yunishara #wahyusetyaningbudi #cavinobrientsiahaan #motherandson," tulis Yuni Shara, sebagai keterangan foto.

 

Salah Fokus

Yuni Shara (Foto: Instagram)

Bukan kebersamaan Yuni Shara dan putranya yang menjadi fokus warganet. Melainkan wajah Cavin Obient Salomo Siahaan.

Mereka membandingkan dengan wajah mantan kekasih Yuni Shara, Raffi Ahmad.

 

Raffi Ahmad Muda

Raffi Ahmad (Foto: Instagram)

Mereka menilai wajah Cavin mirip dengan suami Nagita Slavina saat masih muda.

"Kok mirip Raffi ahmad lg remaja yaa?" tulis akun @anitazulmira.

"Kirain raffi ahmad," timpal akun @daffa_maharpalu.

"Ya ampun kirain raffi ahmad jaman dulu," sambung akun @superglowing_skin.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miris, ART Ini Dihukum Gara-gara Jemur Barang Mewah Majikannya

Posted: 16 May 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan sebagai asisten rumah tangga terkadang masih dianggap sebagai pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Tak jarang banyak kasus ditemukan penyiksaan dan kekerasan secara mental maupun fisik yang dialami para asisten rumah tangga ini.

Terlebih lagi yang menjadi asisten rumah tangga atau ART di negeri orang. Banyak terdengar kabar bahwa para ART mendapatkan perlakuan tak layak dari majikannya ketika mendapatkan hukuman atas perbuatannya. Walaupun tak semua majikan melakukan hal tersebut, namun perlakuan kejam majikan seolah telah menjadi rahasia umum.

Seperti yang dialami oleh seorang asisten rumah tangga satu ini. Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Jumat (17/5/2019) seorang ART asal Filipina mendapatkan hukuman yang membuat miris dari majikannya. Ia bekerja menjadi ART di Arab Saudi.

Dihukum akibat jemur barang mewah terlalu lama

Hukuman ART dengan diikat di pohon (Sumber: World of Buzz)

Asisten rumah tangga yang diketaui bernama Lovely Acosta Baruelo yang berusia 26 tahun asal Filipina ini bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk keluarga kaya di Arab Saudi.  

Sayangnya pada tanggal 9 Mei lalu, ia mendapatkan hukuman dari majikannya. Ia tak sengaja meninggalkan salah satu perabot mahal milik majikannya di bawah sinar matahari dengan waktu lama. Hal tersebut berujung pada pemberian hukuman yang kejam kepada Lovely Acosta Baruelo.

Ia akhirnya dihukum dengan diikat di sebuah pohon dan membiarkannya 'berjemur' dengan cuaca yang panas di Riyadh. Menurut NextShark, hukuman ini diberikan karena ingin menunjukkan sebuah pelajaran pada ART-nya bahwa betapa berbahayanya berada di luar berjam-jam di bawah sinar matahari.

Foto hukumannya beredar di Medsos

Grabi! Ka gigising ko lang tapos eto ung ma recieve mo at nakikita kapwa kabayan OFW e2 ang ginagawa ng mga among arabo!...

Posted by Amer Navodlom on Thursday, 9 May 2019

 

Foto-foto hukuman yang dialami oleh Lovely Acosta Baruelo beredar luas di media sosial. Fotonya dapat beredar karena diambil dari rekan kerjanya yang juga berasal dari Filipina.

Dari foto-foto tersebut dengan jelas terlihat bagaimana Baruelo diikat di sebuah pohon. Tangan, kaki dan tubuhnya dililit sebuah tali yang berada di kebun belakang rumah majikannya. Ternyata ini bukanlah satu-satunya hukuman yang pernah dialami wanita berusia 26 tahun itu.

Para netizen pun geram dengan aksi yang dilakukan oleh majikan tersebut. Viral di media sosial, di hari yang sama pula Kedutaan Besar Filipina mengambil langkah penyelamatan dengan membawa pulang Baruelo ke Filipina. Dilaporkan bahwa Baruelo tiba di Manila dengan selamat sekitar pukul 16.55 pada tanggal 9 Mei dan kembali ke keluarganya di La Union.

Baruelo pun mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah menolong dan membantunya kembali ke Filipina. Hal itu terlihat dari postingannya di Facebook. Ia juga menambahkan untuk meminta bantuan bagi rekannya yang lain yang mendapatkan perlakuan mirip dengannya di Arab Saudi.

"Terima kasih banyak untuk semua yang telah membantu saya. Saya juga ingin meminta bantuan kepada orang Filipina lainnya yang tertinggal di sana. Mereka adalah orang-orang yang membantu saya dan mengunggah foto-foto saya. Saya takut keselamatan mereka. Saya harap mereka juga diselamatkan. " tulisnya dikutip dari World of Buzz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OPINI: Merajut Kembali Solidaritas Kebangsaan Kita

Posted: 16 May 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - "Mari kita sudahi kompetisi ini dengan semangat rekonsiliasi, menghimpun semua komponen bangsa dalam kapal besar Indonesia yang guyub dan rukun, dalam keberagaman dan perbedaan di antara kita," kata Agus Harimurti Yudhoyono dalam pidato politiknya di Surabaya tanggal 13 April 2019.

Meski dilakukan pada penghujung masa kampanye terbuka Pemilu Legislatif 2019, pidato politik ini agak berbeda dengan kebanyakan pidato politik dari para politisi lain. Pidato AHY ini lebih merupakan seruan pada seluruh bangsa, baik pada para elite dari berbagai latar belakang politik, maupun akar rumput di seluruh Nusantara. Seruan ini diamini dan juga digemakan oleh politisi dari partai-partai politik lain, walaupun AHY bicara dalam kapasitas sebagai Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat.

Seruan ini menjadi alternatif yang menyejukkan bagi narasi bernuansa sentimen identitas yang berkembang dominan selama masa kampanye, dengan nada yang membelah: 'kami' vs 'kalian'. Ini terefleksi misalnya dalam slogan-slogan seperti kebinekaan versus keislaman, pro-NKRI versus pro-khilafah dan sejenisnya yang bersifat hitam putih serta menutup ruang dialog.

Terjebak Pandangan yang Homogen

Fenomena ini, jelas terlihat dalam pemetaan percakapan di media sosial (social media network analysis) selama masa kampanye sejak September 2018 hingga April 2019. Pemetaan yang berbasis teknologi big data memperlihatkan dua cluster besar yang terpisah, sesuai pilihan capres-cawapres.

Masing-masing cluster riuh dengan percakapan organik (dilakukan oleh manusia/human accounts) maupun non-organik (dilakukan oleh mesin/bot accounts). Tapi riuhnya percakapan ini hanya terjadi antara akun-akun dalam cluster yang sama, hampir tidak ada percakapan antar-cluster.

Dengan kata lain, meski riuh, percakapan dalam tiap cluster cenderung bersifat menguatkan pandangan yang serupa. Ketiadaan percakapan antar-cluster mencerminkan ketiadaan dialog dari pandangan yang berbeda. Sunstein (2009) menyebut ini sebagai echo chamber effect, yaitu interaksi sosial yang hanya bergaung dalam kelompok yang punya pandangan serupa saja.

Dalam kehampaan dialog ini, keberagaman menjadi kutukan, padahal kita mewarisi kebinekaan sebagai berkah dan kekayaan bangsa. Pemerintah yang harusnya menjadi jembatan dialog di antara berbagai pandangan yang berbeda-beda, sengaja atau tidak, menjadi bagian dari cluster yang berseberangan pendapat.

Fenomena ini juga terasa pada diskusi-diskusi melalui layanan pesan seperti WhatsApp, Telegram, Line dan lain-lain. Grup-grup percakapan yang semula akrab dan saling memperkaya berubah. Perbedaan pendapat menajam dan dibawa ke hati -- baper (bawa perasaan), kata anak sekarang. Caci maki tak terhindarkan, tak jarang membuat anggota grup dikeluarkan atau keluar sendiri dan membentuk grup yang berpandangan sama.

Akibatnya grup-grup percakapan yang semula heterogen makin lama makin homogen dari sisi pandangan politik. Grup-grup ini riuh, aktif bercakap-cakap sepanjang waktu, tapi hanya asyik di kalangannya sendiri, tidak ada perspektif atau pandangan lain yang memperkaya dari sudut pandang berbeda.

Ketegangan di dunia maya ini bahkan merambat ke dunia nyata. Ada banyak kasus pertengkaran di dalam grup layanan pesan atau media sosial berujung pada perkelahian atau perusakan fisik. Di Gorontalo misalnya, terjadi tragedi karena jenazah yang sudah lebih dari 20 tahun dimakamkan terpaksa harus dipindah hanya karena keluarga almarhum dan keluarga pemilik tanah berbeda pilihan politik pada partai. Di Madura, jatuh korban jiwa akibat perselisihan gara-gara status terkait pemilu presiden di media sosial.

Memang sekilas ini seperti insiden yang terpisah-pisah, tidak berhubungan satu sama lain. Tapi jika kita melihat akar konflik horizontal dalam berbagai kerusuhan massal di sejumlah daerah di masa lalu, juga dimulai dari insiden-insiden fisik yang sekilas terjadi secara sporadis dan tidak berkolerasi satu sama lain. Kita tentu tidak ingin ketegangan akibat perbedaan pilihan presiden maupun pilihan partai politik menjadi api dalam sekam yang bisa membuat Indonesia kembali membara dalam konflik horizontal.

Dari sejarah kita sudah belajar betapa mahalnya konflik horizontal antar suku, ras, agama maupun etnis disamping korban harta dan jiwa. Kerugian yang lebih besar adalah terkoyaknya semangat persatuan dan kesatuan antar sesama warga bangsa yang bisa diturunkan dari generasi ke generasi sehingga memelihara prasangka SARA ini sampai puluhan tahun kemudian.

 

Peluang Bonus Demografi dan Pertumbuhan Ekonomi

Ilustrasi Merawat Persatuan

Saat ini, Indonesia sedang mulai mengalami bonus demografi yang ditandai oleh makin besarnya jumlah orang-orang yang berusia produktif dibanding dengan anak-anak dan orang tua. Diperkirakan bonus demografi ini akan memuncak pada tahun 2030 dan menjadi modal besar bagi Indonesia untuk masuk ke dalam jajaran empat besar ekonomi dunia.

Sebagaimana yang diprediksi oleh berbagai lembaga di dalam dan luar negeri. Dalam kurun waktu 20 tahun belakangan ini, rata-rata pertumbuhan ekonomi Indonesia juga menunjukkan tren naik yang juga menjadi modal besar.

Tetapi, semua modal ini bisa sia-sia jika bangsa Indonesia justru tersaruk-saruk dan menghabiskan energi maupun waktu untuk berulang kali mengatasi konflik sosial dan menyembuhkan luka-lukanya. Harganya terlalu besar bagi kita, jika harus jatuh lagi dalam lubang konflik horizontal karena SARA. Padahal kita punya cita-cita mencapai kejayaan Indonesia pada tahun 2045, 100 tahun setelah kemerdekaan.

Cukup Satu dari 10 Orang

Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Semua warga bangsa bisa berpartisipasi dalam kapasitas masing-masing untuk kembali merajut semangat kebangsaan dan kesatuan kita. Riset menunjukkan, tipping point, yaitu kondisi saat perubahan bisa bergulir dengan sendirinya bisa dicapai jika 10 persen dari komunitas atau masyarakat yang terlibat ikut bersama-sama menyuarakan pandangan yang senada.

Cukup satu dari setiap 10 orang Indonesia untuk gigih dan konsisten terus menyuarakan semangat persatuan dan kesatuan, mendahulukan mencari titik temu daripada titik beda, merayakan keberagaman sebagai kekayaan dan bukannya beban bangsa melalui percakapan dan kegiatan yang positif di dunia nyata maupun di dunia maya.

Gerakan gotong royong merajut kebangsaan dan kebinekaan ini niscaya akan makin efektif manakala mayoritas bangsa Indonesia ikut terlibat aktif, tidak hanya menjadi mayoritas diam (silent majority). Semangat nasionalis-religius yang dimiliki bangsa ini perlu diekspresikan dengan lebih lantang. Dengan ini, kita bisa berharap dalam tahun-tahun mendatang bangsa Indonesia bisa segera pulih dari luka-luka perbedaan pendapat yang ditimbulkan akibat polarisasi selama kampanye.

Dalam semangat bulan suci Ramadan, elite politik maupun akar rumput Indonesia, di manapun berada, perlu bergandengan tangan untuk bersama-sama membangun bangsa ini menjadi negeri yang baldatun toyyibatun warobbun ghofur (negeri yang indah dan subur alamnya dengan penduduk yang selalu bersyukur atas nikmat yang mereka terima).

 

** Penulis adalah Tomi Satryatomo, Peneliti Senior The Yudhoyono Institute (TYI)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kerusuhan Lapas Langkat Versi Ditjen PAS

Posted: 16 May 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Langkat - Kerusuhan terjadi di Lapas Langkat, Sumatera Utara, Kamis (16/5/2019), beberapa bangunan dan kendaraan hangus dibakar. Direktur Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, kerusuhan dipicu petugas lapas menemukan narkoba jenis sabu yang dimiliki Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Dalam keterangan resmi diperoleh Liputan6.com, Jumat (17/5/2019), Utami mengungkapkan, kerusuhan mulai terjadi saat polisi sedang melakukan pemeriksaan terhadap WBP yang terlibat peredaran narkoba. Ditambah lagi jumlah petugas yang sangat tidak seimbang dengan jumlah penghuni lapas.

"Hal itulah diduga memprovokasi sejumlah WBP lainnya untuk melakukan perlawanan yang berujung pada pemberontakan. Hingga menjebol pintu Lapas Langkat. Penyebab pasti dari kejadian ini masih dalam penyelidikan dan pendalaman lagi," kata Utami.

Sementara jumlah pasti WBP usai kerusuhan masih diinventarisir. Meski begitu, napi yang melarikan diri sudah dilakukan pengejaran. Saat kerusuhan terjadi, jumlah penghuni Lapas Langkat berdasarkan Sitem Data Pemasyarakatan berjumlah 1.635 orang dari kapasitas seharusnya untuk 915 orang saja.

"Kita sudah koordinasikan dengan TNI juga kepolisian untuk melakukan pengejaran. Juga dilakukan oleh jajaran petugas Pemasyarakatan wilayah Sumatera Utara," terangnya.

Utami menyebut, Lapas Narkotika Kelas III Langkat kini sudah kembali kondusif berkat bantuan pengamanan TNI-Kepolisian. Warga binaan yang sempat berada di luar Lapas, saat ini telah kembali ke kamar hunian masing-masing.

"Jumlah warga binaan yang telah kembali ke kamar hunian, dipastikan setelah dilakukaan penghitungan secara cermat," sebutnya.

Dirjen Pemasyarakatan itu juga sudah mendengar keluhan warga binaan Lapas Langkat melalui video call telepon selulernya. Semisal, WBP berharap Kepala Lapas Narkotika Langkat diganti dan menghukum petugas lapas yang melanggar aturan.

"Kalian tenang, saya akan datang ke sana. Saya akan mendengarkan keluhan kalian. Saya minta kalian tenang, tertib, dan kembali ke blok masing-masing," kata Utami kepada WBP.

 

Foto: Reza Efendi/ Liputan6.com

Dialog

Foto: Reza Efendi/ Liputan6.com

Utami menambahkan, bersama jajarannya dia akan melakukan dialog secara langsung dengan WBP Lapas Narkotika Langkat. Dirinya akan berangkat ke Medan mendengar langsung aspirasi para WBP di Lapas Narkotika Langkat.

"Kami akan konsisten memenuhi hak-hak mereka. Namun kami juga tidak bergeming untuk tegas menghentikan peredaran narkoba di dalam Lapas dan Rutan," ucapnya tegas.

Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah KemenkumhamSumatera Utara, Indah Rahayuningsi memastikan, usai kerusuhan WBP Lapas Narkotika Langkat secara sukarela tertib kembali ke kamar hunian masing-masing.

Indah saat berdialog bersama WBP Lapas Narkotika Langkat mengatakan, semua pelayanan yang ada di sini sudah harus WBK, artinya sudah harus Wilayah Bebas Korupsi. Jadi akan menindak oknum yang melanggar peraturan.

"Kepada saudara semua tolong yang kondusif, di sini rumah kalian. Kami juga adalah pembina kalian. Kami minta tolong semuanya kembali ke tempat semula lakukan terbaik dan jangan ada kegaduhan," ujarnya.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan pada Kamis (16/5/2019) pukul 14.00 WIB. Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) juga melakukan tindakan menghancurkan bangunan dan membakar sejumlah kendaraan. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lebaran, BI Siapkan Layanan Penukaran Uang di 2.941 Titik

Posted: 16 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia (BI) tengah mempersiapkan diri memenuhi permintaan masyarakat untuk penukaran uang baru jelang Hari Raya Idulfitri 1440 H.

Hari ini, Bank Indonesia menggandeng 17 bank membuka layanan penukaran uang di Lapangan Parkir IRTI Monas, Jakarta.

Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan selain di Jakarta pihaknya juga membuka layanan penukaran uang di 2.941 titik seluruh Indonesia. Layanan penukaran uang tersebut naik signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 1.176 titik.

"Tempat penukaran uang sekarang berapa titik, tahun lalu 1.176 titik sekarang kita tingkatkan jadi 2.941 titik. Ternyata Kepulauan Riau mendadak ingin ikutan tambah titik 46. Sekarang jumlahnya 2.941 titik se-Indonesia," ujarnya di Monas, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Rosmaya melanjutkan, bank sentral sangat mendukung penambahan titik-titik resmi penukaran uang. Hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk menekan peredaran uang palsu dan menghindari jasa penukaran uang yang merugikan masyarakat.

"Kenapa BI semangat titik-titik penukaran ditambah, karena kita ingin sekali hapuskan kegiatan orang tak bertanggung jawab untuk uang palsu. Jaman begini kan ada aja uang palsu. Supaya masyarakat nukar di tempat resmi jangan di pinggir jalan," jelasnya.

 

Himbauan BI

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rosmaya mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan keaslian uang yang diperoleh ketika sudah ditukarkan. Cara mengetahui keaslian uang dapat dilakukan dengan langkah 3D yaitu dilihat, diraba dan diterawang.

"Saya imbau masyarakat tukar lah uang di tempat resmi penukaran perbankan dan yang ditetapkan BI kas kelilingi. Wilayah 3T pun kita layani. Kemudian lihat ciri-ciri keaslian Rupiah harus lihat ciri-ciri keasliannya. Kita sudah edukasi bahwa ciri-cirinya banyak mulai benang pengaman, gambar, macam-macam, jenis kertas. Kalau keaslian 3D, dilihat, diraba, diterawang," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BI Siapkan Rp 217,1 Triliun

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bank Sentral telah bersiap diri untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat. Pada tahun ini, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kebutuhan uang kartal mencapai Rp 217,1 triliun pada momen Ramadan dan Idul Fitri.

Deputi Gubernur, Rosmaya Hadi menyebutkan, angka kebutuhan uang tunai tersebut tumbuh 13,5 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu (yoy).

"Kenaikan ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada libur panjang serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta," kata dia, pekan ini.

Dia menuturkan, kenaikan kebutuhan uang (outflow) pada 2019 diperkirakan terjadi di seluruh satuan kerja (satker) kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp 51,5 triliun.

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran uang hanya di tempat resmi. Hal tersebut untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang.

"Masyarakat diimbau agar selalu memperhatikan ciri keaslian rupiah dengan dilihat, diraba dan diterawang serta cara merawat rupiah dengan lima Jangan (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi)," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Valencia atau Getafe ke Liga Champions?

Posted: 16 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Liga Spanyol telah memasuki pekan terakhir. Pada Sabtu (18/5/2019), dua tim, Valencia dan Getafe masih memperebutkan satu tempat tersisa di Liga Champions.

Dalam jadwal Liga Spanyol pekan ke-38, Valencia akan menghadapi Real Valladolid. Bila Valencia kalah, mereka bisa kehilangan tempat di Liga Champions musim depan asalkan Getafe bermain imbang melawan Villarreal.

Getafe, klub yang sekota dengan Real Madrid itu memiliki poin yang sama dengan Valencia, 58, tapi kalah selisih gol. Sedangkan posisi keenam dihuni Sevilla dengan 56 poin.

Klub asal Andalusia ini masih harus menanti bagaimana hasil klub saingan di Jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini. Meski menang, Sevilla belum bisa pasti lolos.

Berikut jadwal Liga Spanyol pekan terakhir selengkapnya:

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu (18/5/2019)

18.00 WIB Levante Vs Atletico Madrid

21.15 WIB Espanyol Vs Real Sociedad

21.15 WIB Getafe Vs Villarreal

21.15 WIB Sevilla Vs Athletic Bilbao

21.15 WIB Real Valladolid vs Valencia

 

Jadwal Liga Spanyol

Minggu (19/5/2019)

01.45 WIB Deportivo Alaves Vs Girona

01.45 WIB Celta Vigo Vs Rayo Vallecano

01.45 WIB Huesca Vs Leganes

17.00 WIB Real Madrid Vs Real Betis

21.15 WIB Eibar Vs Barcelona

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robert Pattinson Dikabarkan Bakal Perankan Batman

Posted: 16 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Teka-teki siapa yang akan perankan sang Manusia Kelelawar dalam film The Batman akhirnya mulai terkuak. Dilansir dari Variety, Jumat (17/5/2019), sejumlah sumber menyebutkan bahwa pihak Robert Pattinson tengah bernegosiasi untuk memerankan karakter ikonis dari DC Entertainment tersebut.

Kesepakatan antara Robert Pattinson dengan pihak Warner Bros memang belum diresmikan. Namun, aktor Twilight ini disebut-sebut sebagai pilihan utama untuk memerankan Batman. Kedua pihak juga diperkirakan akan segera teken kontrak.

Seperti diketahui, film The Batman adalah proyek yang ditinggalkan oleh Ben Affleck. Sebelumnya, ia duduk di bangku sutradara sekaligus memainkan peran utamanya.

Sutradara Matt Reeves, lantas ditunjuk untuk mengarahkan film ini. Robert Pattinson di-casting, saat Reeves tengah memoles naskah final The Batman.

Diberi Kelonggaran

Batman v Superman: Dawn of Justice. (DC/ Warner Bros)

Warner Bros disebutkan memberi kelonggaran waktu kepada Reeves untuk mengembangkan naskahnya. Harapannya, film dari tokoh ikonis DC ini akan dikembangkan dengan baik, menyusul hasil mengecewakan dari Batman v Superman dan Justice League.

Tayang 2021

Batman dalam film The Dark Knight. (Warner Bros)

Belum ada tanggal pasti kapan produksi film ini akan dimulai. Sejumlah sumber dalam menyebut kemungkinan syuting dimulai pada akhir tahun ini, atau awal 2020.

The Batman sendiri direncanakan bakal tayang pada 25 Juni 2021.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Pasal Makar, Perekam Video Penggal Kepala Jokowi Dijerat UU ITE

Posted: 16 May 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ina Yuniarti alias IY telah resmi ditahan di rumah tahanan (rutan) Polda Metro Jaya selama 20 hari ke depan usai merekam dan menyebar video viral pengancaman kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dirinya terbukti merekam dan menyebarkan ke media sosial dengan aplikasi WhatsApp.

Awalnya, IY diancam dengan pasal berlapis. Salah satunya adalah Pasal 104, yang berisikan 'Makar dengan maksud untuk membunuh, atau merampas kemerdekaan, atau meniadakan kemampuan Presiden atau Wakil Presiden memerintah, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara sementara paling lama dua puluh tahun'.

Namun, berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi juga barang bukti, Ina Yuniarti akhirnya dikenakan Pasal Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman penjara enam tahun.

"Laporannya ada Pasal 105, 104. Hasil sidik nya ITE. Pasal 27 ayat 4 jo Pasal 45 ayat 4 Undang-Undang No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)," kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian kepada merdeka.com, Jumat (17/5).

 

Penahanan 20 Hari

Penahanan dilakukan pada Kamis (16/5) malam. Jerry mengatakan, penahanan itu bisa melebihi 20 hari apabila penyidik masih membutuhkannya.

"Iya kita tahan untuk 20 hari pertama. Nanti bisa kita perpanjang sesuai ketentuan lanjutannya bagaimana," katanya.

Sebelumnya, penyidik Polda Metro Jaya resmi menahan Ina Yuniarti alias IY. IY sudah ditetapkan sebagai tersangka perekam dan penyebar video viral di media sosial yang berisi ancaman memenggal kepala Presiden Joko Widodo ( Jokowi). 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Panggil Dirut PT Samantaka Terkait Kasus Sofyan Basir

Posted: 16 May 2019 09:18 PM PDT

Direktur Utama PT. Samantaka Batubara James Rijanto (kanan) didampingi kuasa hukumnya bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2019). James diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1 yang menjerat Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT. Samantaka Batubara James Rijanto (kanan) didampingi kuasa hukumnya bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2019). James diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1 yang menjerat Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT. Samantaka Batubara, James Rijanto (kanan) didampingi kuasa hukumnya tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2019). James diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1 yang menjerat Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT. Samantaka Batubara, James Rijanto (kanan) didampingi kuasa hukumnya tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2019). James diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1 yang menjerat Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT. Samantaka Batubara James Rijanto (kanan) didampingi kuasa hukumnya bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2019). James diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1 yang menjerat Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Utama PT. Samantaka Batubara James Rijanto (kanan) didampingi kuasa hukumnya bersiap untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/5/2019). James diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1 yang menjerat Dirut PLN nonaktif Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Desak Maskapai Turunkan Harga Tiket Pesawat, Ini Respons Ombudsman

Posted: 16 May 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi meminta maskapai menurunkan harga tiket pesawat kelas ekonomi hingga 16 persen. Maskapai harus sudah menurunkan harga paling lambat Sabtu besok (18/5/2019). 

Merespons hal ini, anggota Ombudsman Alvin Lie berkata pemerintah harusnya dapat memandang permasalahan dari sudut pandang maskapai. Penurunan harga tiket dinilai menguntungkan konsumen, tetapi bisa merugikan maskapai. 

"Dalam UU semuanya dinyatakan bahwa Kementerian Perhubungan wajib mengatur harga agar wajar. Wajar tidak harus selalu murah. Termasuk, menjaga agar persaingan sehat, dan perusahaan penerbangan berkembang secara sehat," ujar Alvin Lie dalam keterangan resminya, Jumat (18/5/2019). 

Alvin juga mengkritik pemerintah yang abai dalam melakukan evaluasi harga tiket pesawat. Menurut aturan, evaluasi harus dilakukan tiap tiga bulan dengan mempertimbangkan bermacam faktor seperti avtur dan nilai tukar rupiah. 

"Peraturan Menteri Perhubungan nomor 14 tahun 2016, yang  diperbarui dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 20 tahun 2019, disebutkan bahwa evaluasi tarif dilakukan secara berkala setiap 3 bulan serta kenaikan biaya operasional pesawat hingga 10% karena avtur, nilai tukar rupiah, dan komponen lainnya," jelas Alvin. 

"Apabila hal ini terjadi di luar yang berkala 1 tahunan, pemerintah bisa melakukan evaluasi atau pemerintah memberikan tuslah kepada maskapai," tambahnya.

Namun, pemerintah tidak pernah melakukan evaluasi tarif pesawat sejak tahun 2016, maskapai pun tak bisa menentukan tarif batas bawah sehingga harga menjadi tidak fleksibel. Alhasil, maskapai harus menjual dengan harga tiket di batas atas demi menutupi biaya operasional.

Akibat pemerintah tidak pernah melakukan evaluasi tersebut, permintaan Kementerian Perhubungan untuk meminta harga tiket pesawat turun justru berdampak negatif ke pihak maskapai. 

"Jika tarif pesawat yang saat ini diterapkan maskapai dipaksa untuk diturunkan, maka maskapai akan mengalami kerugian," pungkasnya.

Sanksi Jika Maskapai Tak Turunkan Harga Tiket Pesawat

Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun? (Liputan6.com/Triyasni)

Pemerintah menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat. Atas dasar itu, Menteri Perhubungan (Menhub) mengeluarkan Keputusan Menteri Nomor 106 Tahun 2019 yang berisi ketentuan tarif yang baru dan telah ditandatangani per 15 Mei 2019.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti, mengatakan dengan ditandatanganinya KM tersebut, maka paling lambat maskapai menurunkan harga tiket pada 18 Mei 2019. 

"Sanksinya jika tidak melaksanakan ada peringatan, pembekuan, pencabutan, dan terakhir denda administrasi," kata Polana di kantornya, Kamis, 16 Mei 2019.

Polana menjelaskan, penurunan TBA ini dinilai cukup relevan mengingat beberapa komponen harga tiket mengalami efisiensi. Seperti penurunan penggunaan avtur yang disebabkan ketepatan waktu terbang (OTP) maskapai meningkat dari sebelumnya 78,88 persen kini sudah mencapai 86,29 persen.

Dia juga menegaskan, KM ini akan dievaluasi setiap tiga bulan atau bisa dilakukan jika sewaktu-waktu komponen harga tiket pesawat berubah.

Dengan penurunan tarif ini, Polana berharap tidak mengurangi niat masyarakat untuk menggunakan pesawat selama mudik Lebaran nantinya.

"Perkiraan pertumbuhan selama angkutan Lebaran, jumlah penumpang domestik tumbuh 2,17 persen dan internasional sekitar 7 persen," pungkas Polana.

Tarif Batas Atas Dipangkas Bisa Genjot Permintaan Tiket Pesawat

Pesawat milik sejumlah maskapai terparkir di areal Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (16/5/2019). Pemerintah akhirnya menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat atau angkutan udara sebesar 12-16 persen yang berlaku mulai Kamis hari ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pemerintah secara resmi menurunkan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 12 persen sampai 16 persen. Penurunan sebesar 12 persen ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

Head of Growth Management Transportation Product Traveloka, Iko Putera, mengatakan bahwa kebijakan pemerintah menurunkan tarif batas atas TBA tiket pesawat terbang dapat mendorong permintaan tiket pesawat kembali naik.

Traveloka, masih akan melihat dampak kebijakan pemangkasan tarif batas atas tersebut pada peningkatan permintaan masyarakat terhadap tiket pesawat terbang.

"Yang pasti ada dampaknya ke permintaan. Masih dua hari kita masih wait and see karena masih awal-awal," kata dia saat ditemui, di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.

Meskipun demikian, dia mengatakan berdasarkan pengalaman yang sudah terjadi selama ini, penurunan harga tiket pesawat cenderung diikuti dengan kenaikan permintaan. "(Secara historical?) Biasanya naik," ungkapnya.

Iko mengakui adanya penurunan permintaan tiket pesawat untuk rute domestik di kuartal I 2019. Salah satunya karena kenaikan harga tiket pesawat.

"Mengacu ke data BPS. Q1 (kuartal I) organik kalau tidak salah turun 15 sampai 19 persen domestik. kalau internasional permintaan organik meningkat range 15 sampai 20 persen," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Dikritik Saat Berkerudung, Begini 4 Potret Bella Shofie Kenakan Hijab

Posted: 16 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, cukup banyak para seleb yang mengunggah foto saat menggunakan hijab. Bahkan Bella Shofie yang lebih memilih meninggalkan dunia hiburan tersebut pun juga beberapa kali mengunggah foto saat menggunakan hijab.

Bella Shofie sendiri cukup sering mengunggah foto di akun Instagram pribadinya. Bahkan ia juga kerap mempromosikan baju rancangannya di unggahan foto Instagram. Bukan hanya menggunakan model saja, akan tetapi Bella pun kerap mengenakan baju rancangannya untuk mempromosikan. Bella pun cukup sering mengunggah foto saat mengenakan busana muslim.

Namun, baru-baru ini foto Bella menggunakan baju muslim lengkap dengan hijab justru dikritik netizen. Pasalnya dalam foto yang diunggah tersebut memperlihatkan bagian lehernya. Tentu saja banyak netizen yang memberi kritik dan juga saran terhadap foto tersebut. Namun, meski banyak yang menyayangkan penampilannya, ada pula netizen yang tetap memuji kecantikan dari Bella Shofie.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @bellashofie_rigan, Jumat (17/5/2019) beberapa penampilan Bella Shofie saat menggunakan hijab terlihat menawan. Berikut potret Bella saat sedang mengenakan hijab.

1. Cantik banget ya penampilan Bella Shofie

Bella Shofie kenakan hijab (Sumber: Instagram/bellashofie_rigan)

2. Penampilan manis Bella kenakan kaftan

Bella Shofie kenakan hijab (Sumber: Instagram/bellashofie_rigan)

3. Saat menggunakan mukena juga tampak cantik

Bella Shofie kenakan hijab (Sumber: Instagram/bellashofie_rigan)

4. Kalau menurut kamu gimana?

Bella Shofie kenakan hijab (Sumber: Instagram/bellashofie_rigan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Quraish Shihab: Tujuan Berpuasa Tak Lain Meraih Takwa

Posted: 16 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apa tujuan kita berpuasa? Tak lain adalah untuk meraih takwa. Hal ini diungkap oleh cendikiawan muslim Quraish Shihab dalam program Mutiara Hati SCTV.

Takwa adalah hakekat untuk menghimpun segala kebajikan. Sedangkan dalam konteks ibadah, takwa merupakan pengingat bahwa manusia adalah makhluk multidimensi dan terdiri dari jasad dan roh.

Puasa dalam menyambut bulan suci Ramadan hendaknya juga sebagai pengingat, bahwa manusia juga perlu mengasah rohani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Real Count KPU 86 Persen, Jokowi Unggul 15 Juta Suara

Posted: 16 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU terus melakukan perhitungan rekapitulasi Pilpres 2019. Hasil sementara Jokowi-Ma'ruf masih memimpin dengan raihan suara 56%.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persib di Shopee Liga 1: Tiga Kali Tampil di Bulan Ramadan

Posted: 16 May 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung sudah tak sabar untuk tampil di Shopee Liga 1 2019. Mereka ingin meraih prestasi terbaik, setelah melakukannya terakhir pada Indonesia Super League 2014.

Persiapan Persib sendiri termasuk matang. Setelah sempat kecewa dengan pelatih Miljan Radovic, mereka kemudian menggantinya dengan Robert Rene Alberts.

Sejumlah pemain baru pun mereka datangkan. Salah satunya playmaker asal Slovenia, Rene Mihelic, yang dikabarkan pernah bermain di Liga Champions.

Persib sendiri baru akan memainkan laga pertama mereka di Shopee Liga 1 2019 pada Sabtu, 18 Mei. Mereka akan menjamu Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat.

Total, selama bulan Ramadan, Persib akan bermain tiga kali di Shopee Liga 1 2019. Berikut jadwal Persib di Shopee Liga 1 2019 selama bulan Ramadan.

Jadwal Persib

Gelandang Arema Malang, Makan Konate, ditarik oleh gelandang Persib Bandung, Srdan Lopicic, pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (18/2). Persib bermain imbang 1-1 melawan Arema. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sabtu, 18 Mei

20.30 WIB, Persib vs Persipura

Kamis, 23 Mei

20.30 WIB, Persib vs TIRA-Persikabo

Rabu 29 Mei

20.30 WIB, Semen Padang vs Persib

 

Skuat Persib

Kiper: M. Natshir, I Made Wirawan, Aqil Savik

Belakang: Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Agung Mulyadi, Puja Abdillah, Frets Butuan, Zalnando, Saepul Maulana, Fabiano Beltrame, Bojan Malisic, Henhen Herdiana, Indra Mustafa

Tengah: Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar, Gian Zola, Wildan Ramdani, Erwin Ramdani, Syafril Lestaluhu, Esteban Vizcarra, Artur Gevorkyan, Abdul Aziz, Hariono, Ardi Idrus, Febri Hariyadi, Kim Jeffrey, Beckham Putra

Depan: Rene Mihelic, Ezechiel N'Douassel, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

 

Tim Pelatih

Pelatih kepala: Robert Alberts

Asisten: Budiman

Pelatih kiper: Gatot Prasetyo

Pelatih fisik: Yaya Sunarya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Kerusuhan, 72 Napi Lapas Narkoba Langkat Masih Buron

Posted: 16 May 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petugas gabungan dari kepolisian dan Polisi Khusus Pemasyarakatan terus mencari dan mengejar sisa narapidana yang belum kembali ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkoba Simpang Ladang Klas III, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Sebanyak 72 narapidana masih buron.

Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Utara, Jahari Sitepu, tercatat sebanyak 1.634 narapidana mendekam di Lapas Narkotika Langkat.

"Saat apel tadi pagi pascakerusuhan, ada 1.458 orang napi. Yang tidak nampak sebanyak 176 orang," kata Jahari saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (17/5/2019).

Informasi yang dihimpun pihaknya, sebanyak 104 narapidana menyerahkan diri dan tertangkap di lokasi berbeda. "Ada 104 orang yang tertangkap dan menyerahkan diri, jadi sisanya 72 orang," ujar Jahari.

Jahari mengatakan, pihaknya belum mengambil langkah lanjutan pascakerusuhan dan masih fokus evakuasi sejumlah narapidana dan beberapa aset yang rusak akibat amukan para napi.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami menyatakan bahwa kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Langkat, Sumatera Utara, saat ini sudah kembali kondusif setelah sempat terjadi kericuhan.

"Warga binaan yang sempat berada di luar lapas, saat ini telah kembali ke kamar hunian masing-masing," ujar Utami seperti dilansir dari Antara, Jumat (17/5/2019).

Utami mengemukakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi video telekonferensi melalui telepon selular dengan warga binaan Lapas Langkat. Menurut Utami, para napi antusias bergantian meneriakkan aspirasinya.

Utami mengaku, akan segera meninjau kondisi Lapas Langkat. Ia siap mendengarkan keluhan para warga binaan.

"Saya minta mereka tetap tenang dan kembali ke blok masing-masing. Besok saya dan jajaran akan melakukan dialog secara langsung dengan warga binaan Lapas Langkat, menampung aspirasi mereka," ujar Utami.

 

Sudah Terkendali

Prajurit TNI melintasi bangkai mobil yang rusak dampak kerusuhan di Lapas Narkotika Kelas III Langkat, Sumatera Utara, Kamis (16/5/2019). Akibat peristiwa kerusuhan yang dilakukan para narapidana di Lapas itu mengakibatkan tiga mobil petugas rusak terbakar dan ratusan napi melarikan diri. (AP Photo)

Utami mengatakan, warga binaan kemudian secara tertib kembali ke kamar masing-masing, dengan arahan jajaran Kanwil Sumatera Utara yaitu oleh Kepala Divisi Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, TNI, Kepolisian dan Petugas PAS.

Sejumlah kendaraan yang terpakir di depan Lapas Narkotika Kelas III Kabupaten Langkat rusak berat akibat kerusuhan yang terjadi pada Kamis (16/5/2019).

Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Indah Rahayu mengatakan, para narapidana juga membakar sejumlah ruangan di Lapas tersebut.

"Kerusakan pada bagian depan, bagian pelayanan sampai ke belakang. Persentasenya tidak begitu banyak, hanya di bagian itu, saja," kata Indah, Kamis (16/5/2019).

Menurut Indah, kerusuhan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB tadi pagi. Namun, Indah memastikan bahwa kondisi Lapas saat ini sudah terkendali.

‎"Sudah aman. Yang kami sampaikan sudah diterima, dan kita akan rapat dengan Kemenkuham Jakarta untuk menentukan keputusan," ucap Indah.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bereksperimen dengan Turban, Intan Nuraini Takut Terlihat Tua

Posted: 16 May 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa tahun memakai hijab, aktris dan presenter Intan Nuraini mengaku jarang bereksperimen dengan gaya. Ia biasanya hanya mengenakan jilbab segiempat yang dilipat segitiga, dan ujungnya diikat ke belakang.

"Aku sendiri jujur bukan orang yang fashionable dalam berpakaian yang penting aku nyaman dan sesuai dgn kepribadianku," tulis ibu tiga anak itu, 13 Mei 2019.

Namun, lewat unggahan di Instagram @intan_nuraini23, perempuan berlesung pipit itu menampilkan gaya berbeda. Ia pertama kalinya mencoba turban dengan dipadukan halterneck warna beige.

Intan mengaku terinspirasi mengenakan turban karena dinilai simpel dan keren. Tapi, ia butuh keberanian lebih karena beberapa alasan.

"Tapi aku belum pernah berani mencoba krn takut terlihat lebih dewasa dan takut ga cocok. Nah tapi penasaran terus hahaha," tulisnya.

Ia pun mencoba membeli satu turban dan mengenakannya. Meski begitu, ia tetap merasa tidak percaya diri sehingga meminta pendapat dari para pengikutnya.

"Cocok ga sih aku pake turban gini?" tulisnya.

 

Dari Positif sampai Negatif

Artis Intan Nuraini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Unggahan itu langsung dikomentari sejumlah orang. Teman-teman Intan menyebut alumnus Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia itu terlihat cantik dengan turban.

"Cocok piill (panggilan sayang Intan)," tulis aktris Revalina S Temat.

"Kamu pake apa aja cantik upilkuuu," imbuh presenter Melanie Putria.

Sementara, sebagian lainnya mengomentari leher Intan yang terlihat saat mengenakan turban. Ia pun disarankan mengenakan ciput ninja terlebih dulu sebelum mengenakan turban.

"Pake ciput kaka, baru pake turban, jadi lehernya tidak terlihat," tulis pemilik akun Instagram @dianita.fashn.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Potret Monica Imas, Istri Rizal Armada yang Kini Jadi Mualaf

Posted: 16 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vokalis Rizal Armada diketahui pada 28 Juni 2018 menikahi seorang wanita cantik bernama Monica Imas. Kabar terbaru ini menyebutkan kalau Monica kini sudah menjadi mualaf.

Monica Imas adalah wanita asal Surakarta yang dinikahi Rizal tahun lalu. Hubungan keduanya sudah sangat lama yakni sejak tahun 2015. Serasinya sejoli ini memang menandakan hubungan mereka sangat harmonis.

Diketahui, Monica Imas sangat aktif di Instagram. Monica mengunggah foto-foto cantiknya yang membuat banyak netizen terpesona. Kecantikan Monica Imas ini memang tiada duanya, hal itulah yang membuat Rizal Armada jatuh hati dengannya.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @monicaimas, berikut 5 potret Monica Imas, Jumat (17/5/2019).

1. Dengan memakai pakaian berwarna biru, Monica terlihat begitu memukau

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

2. Saat traveling di Tokyo, tampil stylish

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

3. Gaya Monica saat bersantai di atas tempat tidur

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

4. Dengan pakaian biru dan tangan menopang pipi, Monica terlihat sangat manis

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

5. Tampak begitu menawan saat foto candid

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

6. Potret Monica Imas yang terlihat manis dan cantik

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

7. Gaya santai dengan jaket denim, makin memukau

Potret Monica Imas (Instagram.com/monicaimas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perhatikan, Ini Beban Maksimal Mobil Saat Mudik

Posted: 16 May 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu alasan mudik dengan kendaraan pribadi dinilai lebih nyaman karena barang yang dibawa bisa lebih banyak. Meski demikian, pemudik kerap kali tidak mengindahkan faktor keamanan dan keselamatan.

Hal lumrah yang sering dijumpai saat musim mudik ialah membawa barang berlebih hingga mencapai atap mobil. Tak boleh sembarang, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT Toyota Astra Motor menjelaskan, ada beban maksimal yang harus diperhatikan pemudik saat berkendara dengan mobil.

"Untuk mobil yang sudah dilengkapi dengan roof rail, ada informasi yang harus diperhatikan dan tertera pada buku pedoman pemilik kendaraan," kata Didi kepada Liputan6.com.

Didi menegaskan, beban maksimum yang dianjurkan pada atap mobil hanya di angka 75 kilogram. Apabila beban yang dibawa berlebih, akibat yang bisa terjadi ialah deformasi.

 

Deformasi

"Kalau beban berlebih bisa menyebabkan atap mengalami deformasi, jadi memang harus diperhatikan benar untuk beban saat mudik," ujar Didi.

Deformasi ialah atap mengalami penyok karena beban yang dibawa terlalu berlebih. Hal ini tentu berbahaya dan pemudik justru harus mengeluarkan uang lebih untuk melakukan perbaikan.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap Anggota Geng Motor Brutal Pelaku Begal di Pekanbaru

Posted: 16 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru- Dua remaja FR dan RA di Kota Pekanbaru, Riau, ditangkap karena terlibat begal dan pengeroyokan. Turut pula dibekuk Anggi Saleh Lubis yang masih satu geng dengan keduanya, serta Rynaldi sebagai penjual hasil rampokan.

Mereka semua sudah ditahan di Polsek Bukitraya. Saat ini, penyidik masih mengusut apakah mereka semua anggota geng motor brutal yang selama ini selalu menebar teror malam di jalanan Pekanbaru, termasuk melakukan aksi begal.

Kapolsek Bukitraya Komisaris Pribadi menjelaskan, kejadian bermula ketika korban Rafli Wahyu Gunawan duduk bersama teman-temannya di depan SMK Pertanian, Jalan Kaharuddin Nasution. Mereka berkumpul di sana usai salat untuk 'asmara' subuh.

Pada saat bersamaan, datang pelaku begal FR, RA, dan Anggi bersama belasan temannya memakai sepeda motor. Saling lirik terjadi hingga akhirnya ketiga pelaku memberi komando kepada temannya untuk menyerang Rafli.

Teman-teman Rafli berhasil melarikan diri memakai sepeda motor. Rafli tinggal sendirian dan terkepung hingga akhirnya menjadi sasaran amuk belasan remaja tadi. Setelah melakukan perlawanan, Rafli berhasil kabur.

"Tapi sepeda motornya ketinggalan, kejadiannya itu pada 8 Mei 2019 di Kelurahan Perhentian Marpoyan," kata Pribadi.

Ketiga pelaku lalu membawa sepeda motor korban ke sebuah warnet. Di sana, ketiganya menawarkan ke beberapa orang hingga akhirnya Rynaldi menyanggupi untuk mencari pembelinya.

Diserahkan Orang Tua

Rynaldi sebagai penadah hasil begal dua remaja di Pekanbaru di Mapolsek Bukitraya. (Liputan6.com/M Syukur)

Beberapa hari kemudian, Rynaldi berhasil menjual sepeda motor Honda Beat itu seharga Rp 2,5 juta. Uang hasil penjualan kepada warga di Siak itu dibagi-bagi para pelaku untuk kebutuhan sehari-hari.

"Korban melapor ke kami, lalu dilakukan penyelidikan, dibantu oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau," sebut Pribadi.

Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk menangkap pelaku. Pada 11 Mei 2019, satu persatu tersangka dibekuk dari berbagai lokasi berbeda, di mana FR dan RA ditangkap lebih dulu.

Berikutnya pada 12 Mei 2019, Anggi Saleh Lubis diantarkan kedua orangtuanya ke Mapolsek Bukitraya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Terakhir ditangkap adalah Rynaldi sebagai penadah atau orang yang menjual hasil kejahatan," ucap Pribadi.

Penyidik sudah mendapatkan sepeda korban. Untuk sementara diinapkan dulu di Mapolsek sebagai barang bukti dalam melengkapi berkas para tersangka.

"Korban mengalami kerugian Rp 12 juta, sementara tersangka dijerat dengan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang Pencurian dengan Kekerasan," jelas Pribadi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pemerintah Capai Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen

Posted: 16 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi pada tahun ini bisa lebih baik jika dibandingkan tahun 2018. Selain kondisi global yang diperkirakan lebih stabil, ketahanan ekonomi Indonesia terus membaik.

Untuk itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menilai untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tidak harus bergantung pada sektor konsumsi, namun dengan menggenjot sektor investasi.

"Dalam teori ekonomi makro, investasi menjadi faktor akselerasi pertumbuhan ekonomi. Karena itu lima tahun ke depan, fokus pemerintahan adalah meningkatkan pertumbuhan investasi," kata Bambang dalam keterangannya, Jumat (17/5/2019).

Dia mengatakan, pemerintahan dalam lima tahun ke depan menargetkan pertumbuhan investasi Indonesia sebesar tujuh persen. Karena itu akan digalakkan gerakan sadar investasi.

Selain itu pemerintah akan menggalakan investasi dalam industri pengolahan dan jasa dengan nilai tambah tinggi.

"Pemerintah ke depan juga akan melakukan perbaikan iklim investasi termasuk perbaikan sistem tenaga kerja. Lalu menggalakan industrialisasi berbasis Sumber Daya Alam," ujarnya.

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mengatakan satu-satu jalan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi hingga mencapai 7 persen adalah melalui investasi dalam dan luar negeri.

Dia menilai untuk mencapai hal tersebut, dirinya mendorong agar tim ekonomi Presiden Joko Widodo dalam lima tahun kedepan harus dirombak.

"Saya berharap ada perombakan besar-besaran tim ekonomi Presiden Jokowi jilid kedua. Karena cita-cita Jokowi sangat tinggi, misalnya sebelum Pemilu usai, beliau sudah wacanakan pemindahan ibu kota dan mau membawa Indonesia menjadi negara maju," katanya.

Dia menilai tim ekonomi Presiden Jokowi kedepan secara rill harus mengerti pro-pasar, yaitu bagaimana regulasi bisa berjalan dan mewujudkan cita-cita Presiden.

BI Akui Ekonomi RI Tumbuh Tak Sesuai Prediksi

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi

Bank Indonesia (BI) menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih rendah dari prediksi. Ekonomi Indonesia pada triwulan I 2019 tumbuh hanya 5,07 persen (yoy), lebih rendah dari triwulan sebelumnya 5,18 persen (yoy), meskipun meningkat dibandingkan triwulan I-2018 sebesar 5,06 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan rendahnya angka pertumbuhan ekonomi tersebut dipengaruhi kondisi ekonomi global yang menurun.

"Menurunnya pertumbuhan ekonomi global dan harga komoditas yang lebih rendah telah berdampak pada menurunnya pertumbuhan ekspor Indonesia, yang kemudian berpengaruh pada konsumsi rumah tangga dan investasi nonbangunan yang melambat," kata dia di kantornya, Kamis (16/5/2019).

Selain itu, berlangsungnya pemilihan umum (pemilu) 2019 ternyata tidak memberi dampak yang amat signifikan terhadap angka pertumbuhan ekonomi.

"Pengaruh belanja terkait kegiatan Pemilu 2019 terhadap konsumsi lebih rendah dari prakiraan," ungkapnya.

Namun demikian, dia berujar, secara spasial perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional terutama dipengaruhi oleh menurunnya pertumbuhan di Jawa, Kalimantan, dan Papua, sedangkan kawasan lain meningkat.

"Ke depan, upaya untuk mendorong permintaan domestik dari sisi investasi khususnya swasta perlu ditingkatkan untuk memitigasi dampak negatif dari belum pulihnya kinerja ekspor akibat perlambatan ekonomi dunia," ujarnya.

Secara keseluruhan, dia menyatakan Bank Indonesia memprakirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4 persen.

"Bank Indonesia akan menempuh bauran kebijakan dengan Pemerintah, dan otoritas terkait guna menjaga momentum pertumbuhan ekonomi," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber; Merdeka.com

Begini Kondisi Ekonomi Global Hasil Pantauan BI dalam Sebulan Terakhir

Bank Indonesia (BI) menilai pemulihan ekonomi global lebih rendah dari prediksi di tengah ketidakpastian pasar keuangan yang kembali meningkat. Pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS), Eropa dan China juga masih melambat.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyebutkan jika pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan menurun dipicu stimulus fiskal yang terbatas, pendapatan dan keyakinan pelaku ekonomi yang belum kuat, serta permasalahan struktur pasar tenaga kerja yang terus mengemuka.

"Perbaikan ekonomi Eropa diperkirakan lebih lambat akibat melemahnya ekspor," jelas dia di kantornya, Kamis (16/5/2019).

Selain itu, belum selesainya permasalahan di sektor keuangan, serta berlanjutnya tantangan struktural berupa aging population turut membuat ekonomi di Eropa kian melambat.

Selanjutnya, ekonomi China juga diperkirakan belum menguat, meskipun telah ditempuh stimulus fiskal melalui pemotongan pajak dan pembangunan infrastuktur.

Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat berpengaruh kepada volume perdagangan dan harga komoditas global yang menurun.

"Kecuali harga minyak yang naik pada periode terakhir dipengaruhi faktor geopolitik," ujarnya.

Sementara itu, ketidakpastian pasar keuangan dunia yang meningkat dipengaruhi oleh eskalasi perang dagang AS dan China sehingga kembali memicu peralihan modal dari negara berkembang ke negara maju, meskipun respon kebijakan moneter global mulai melonggar.

"Kedua perkembangan ekonomi global yang kurang menguntungkan tersebut memberikan tantangan dalam upaya menjaga stabilitas eksternal baik untuk mendorong ekspor maupun menarik modal asing," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Langkah Biasakan Anak Duduk di Car Seat

Posted: 16 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan tempat duduk khusus (car seat) untuk anak ketika bepergian dengan mobil bisa jadi belum begitu familiar di Indonesia. Tapi beberapa negara sudah menetapkan penggunaan car seat sebagai salah satu syarat keamanan berkendara mereka. Orangtua perlu melatih anak agar mau duduk di car seat, jauh dari buaian ibu atau ayah. Seperti apa caranya? Simak pengalaman Mommy Stephanie Handiono dari Babyologist.

Bepergian jauh dengan anak menggunakan mobil memang hal yang menyenangkan, tetapi bagi sebagian orang tentu merupakan hal yang sangat melelahkan. Karena pasti orangtua akan dibuat sibuk dengan anak kecil yang tidak bisa diam duduk di mobil. Bagi saya, melatih anak saya (Yehuda) untuk duduk di car seat adalah hal yang wajib. Karena di samping untuk keamanan anak, car seat juga berguna untuk kenyamanan si Kecil.

Nah saya akan membagikan beberapa tips dan trik agar anak mau duduk di car seat saat bepergian:

1. Setiap duduk di mobil, selalu biasakan anak duduk di car seat, walaupun anak pasti akan menangis. Biarkan mereka tetap duduk di car seat, jangan angkat dia dan ingatkan dia bahwa kalau di mobil harus duduk di car seat untuk keamanannya. Perlu dan wajib dilakukan saat anak berusia kurang dari 1 tahun.

Hal ini saya lakukan dari Yehuda usia 6 bulan. Awalnya menangis-menangis terus minta turun/lepas dari car seat. Tapi tetap saya diamkan, hanya saya kasi pengertian kalau mau duduk di mobil duduk di kursinya sendiri (car seat).

2. Beri dia mainan untuk dipegang selama duduk di car seat, jika anak sudah mulai bosan, ganti dengan mainan lain. Ingat, mainan ya, jangan kasi gadget. Biasa saya kasi mainan buku mewarnai/mainan mobil-mobilan/mainan setir mobil, jadi seolah-olah anak juga sedang menyetir mobil.

3. Selalu ajak anak ngobrol sambil diajak nyanyi lagu kesukaannya. Hal ini membantu anak menjadi riang dan tidak bosan sepanjang perjalanan.

4. Bila melakukan perjalanan jauh, pastikan selalu berhenti selama 3 jam. Turunkan anak dari car seat dan ajak anak turun dari mobil. Hal ini untuk mencegah sakit/pegal–pegal pada anak. Selalu cek dan ganti diapers anak setiap 3 jam. Sejauh ini anak saya sekarang sangat menikmati duduk di car seat-nya. Dan ini sangat membantu saya dan suami saya ketika bepergian jauh dengan mobil tanpa bantuan nanny/baby sitter.

Saya tidak capek harus memangku anak saya dan suami saya pun bisa menyetir dengan aman tanpa ada gangguan anak yang berjalan-jalan di mobil, yang kadang suka pindah-pindah tempat duduknya ke depan, kadang ke belakang. Nah Moms, bisa dicoba ya tips dan trik dari saya ini, supaya Moms tidak capek dan tidak kapok untuk bepergian jauh dengan si Kecil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Verrell Bramasta Dekat dengan Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Merasa Tersaingi?

Posted: 16 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aurel Hermansyah beberapa waktu lalu sempat digosipkan dengan Verrell Bramasta. Di saat yang bersamaan, ia juga sering membuat konten bareng Atta Halilintar.

Malahan, ada yang mengatakan bahwa Aurel Hermansyah cocok dengan Atta Halilintar. Dari situ, warganet serempak mendoakan keduanya berjodoh.

Terkait hal tersebut, Atta Halilintar menanggapi santai. Ia juga enggan membahas soal kriteria wanita idamannya.

"Aku enggak suka ngomong Aurel tipe aku atau bukan," kata Atta Halilintar, singkat saat ditemui di acara Tokopedia Semarak Ramadan Ekstra di Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2019).

 

Tak Ada Persaingan

Atta Halilintar

Soal kedekatan Verrell Bramasta dengan Aurel Hermansyah, Atta Halilintar tidak melihat hal tersebut sebagai sebuah persaingan. Pasalnya, ia dan Verrell Bramasta pun sudah lama berteman.

"Enggak ah, enggak ada saingan ama Verrell. Verrell bro gue, Aurel juga teman saya. Saya temanan ama Verrell sudah lama juga, jadi enggak ada saing-saingan," ungkapnya.

 

Doa Terbaik

Atta Halilintar

Sekali lagi, Atta Halilintar tidak mau memusingkan apa yang selama ini dibicarakan oleh warganet terkait kedekatannya dengan Aurel Hermansyah. Ia hanya meminta agar didoakan yang terbaik.

"Kalau netizen didengerin enggak ada habisnya. Doakan aja lah aku dapet yang terbaik," tutup Atta Halilintar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: