Sabtu, 11 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Houthi Mulai Hengkang dari Kota Pelabuhan Vital di Yaman

Posted: 11 May 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Hodeidah - Kelompok pemberontak Houthi di Yaman telah mulai menarik diri dari kota pelabuhan strategis di Hodeidah pada akhir pekan ini. Langkah tersebut menunjukkan aksi nyata pertama sejak perjanjian gencatan senjata dengan tentara pemerintah ditandatangani pada Desember 2018.

Baik pasukan Houthi dan pemerintah sepakat untuk hengkang dari Hodeidah untuk memungkinkan masuknya bantuan kemanusiaan yang vital, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (12/5/2019).

Rekaman video yang diperoleh BBC menunjukkan pasukan Houthi berangkat dengan truk. Pemindahan ini diperkirakan akan memakan waktu empat hari total.

Kantor berita AFP mengutip juru bicara PBB Farhan Haq, membenarkan bahwa penarikan telah dimulai.

Proses tersebut telah digambarkan oleh utusan khusus PBB untuk Yaman sebagai "langkah pertama".

"Saya berharap begitu, tapi ini proses yang rapuh," kata Utusan PBB untuk Yaman, Martin Griffiths kepada BBC.

"Kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan pemerintah Yaman akhirnya senang dengan itu."

Namun, pemerintah Yaman masih tidak percaya dengan Houthi dan menuduh pemberontak melakukan "tipu muslihat".

Al-Hasan Taher, seorang pejabat senior pro-pemerintah, menuduh para pemberontak mengganti diri mereka dengan anggota milisi Houthi lainnya yang mengenakan seragam penjaga pantai dan polisi.

"Ini merupakan upaya untuk melemahkan komunitas internasional," kata Taher kepada wartawan.

Tetapi kelompok Houthi mengatakan "penarikan sepihak" menunjukkan "komitmen untuk mengimplementasikan perjanjian atas Hodeidah dan untuk mencapai perdamaian". Houthi juga meminta PBB untuk menekan semua pihak untuk mematuhi perjanjian.

Setidaknya 6.800 warga sipil tewas dalam perang saudara empat tahun Yaman. Sekitar 10.700 lainnya terluka dalam pertempuran itu, menurut PBB, dan ribuan lainnya telah meninggal karena sebab yang dapat dicegah seperti kekurangan gizi, penyakit dan kesehatan yang buruk.

Kota Paling Vital di Yaman

Milisi pro-pemerintah Yaman yang didukung Koalisi Arab Saudi dalam sebuah operasi untuk memasuki Kota Hodeidah (AFP PHOTO)

Pelabuhan Hodeidah adalah jalur hidup utama bagi dua pertiga populasi Yaman. Penutupannya telah berdampak buruk pada negara, yang sekarang berada di ambang kelaparan.

Di bawah kesepakatan yang diperantarai oleh PBB pada bulan Desember, pihak-pihak yang bertikai sepakat untuk menarik diri dari kota Hodeidah dan pelabuhan-pelabuhan di Hodeidah, Salif dan Ras Issa.

Penarikan Houthi menandai langkah besar pertama dalam mewujudkan perjanjian gencatan senjata itu.

PBB telah berulang kali mengimbau kedua belah pihak untuk akses ke gudang besar gandum di pelabuhan Hodeidah yang menampung cukup makanan untuk memberi makan 3,7 juta orang selama sebulan.

Pekerja bantuan tidak dapat mencapai gudang selama lima bulan, dan PBB sebelumnya memperingatkan bahwa gandum itu berisiko busuk.

Pasukan pro-pemerintah telah dua kali mencoba merebut pelabuhan, dan menuduh kelompok Houthi menggunakannya untuk menyelundupkan senjata dari Iran. Baik Houthi dan Teheran sama-sama menyangkal tuduhan tersebut.

 

Sekilas Perang Saudara di Yaman

Warga Yaman mengantre untuk menerima bantuan selimut dan alas tidur dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) di kota pesisir Hodeidah, Yaman (11/4). (AFP Photo/Abdo Hyder)

Konflik berakar pada kegagalan transisi politik setelah pemberontakan Arab Spring yang memaksa Presiden otoriter lama, Ali Abdullah Saleh, untuk menyerahkan kekuasaan kepada wakilnya, Abdrabbuh Mansour Hadi, pada tahun 2011.

Gerakan Houthi, yang berperang melawan serangkaian pemberontakan terhadap Saleh selama dekade sebelumnya, mengambil keuntungan dari kelemahan presiden baru untuk mengendalikan jantung utara provinsi Saada dan daerah-daerah tetangga.

Banyak warga Yaman biasa mendukung Houthi, dan pada akhir 2014 dan awal 2015, pemberontak mengambil alih ibukota Sana'a, memaksa Presiden Hadi melarikan diri ke luar negeri.

Khawatir dengan munculnya kelompok yang mereka lihat sebagai wakil Iran, Arab Saudi dan delapan negara Arab lainnya campur tangan dalam upaya untuk mengembalikan pemerintah.

Pembicaraan telah berulang kali macet dan mogok, dan tenggat waktu penarikan telah dilewatkan di tengah ketidaksepakatan tentang siapa yang akan mengendalikan lokasi Hodeidah yang dikosongkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Sociedad vs Real Madrid: Semakin Jelas, Zidane Inginkan Bale Pergi

Posted: 11 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Zinedine Zidane sudah semakin jelas dalam memberi sinyal kalau Gareth Bale bakal segera dilepas Real Madrid musim ini. Itu terlihat saat dia tak masukkan nama Bale dalam skuat Real Madrid melawan tuan rumah Real Sociedad Minggu (12/5/2019).

Ini untuk dua pekan beruntun Bale disingkirkan dari daftar skuat yang akan main di lanjutan Liga Spanyol. Meski memang hanya menyisakan dua laga lagi, ini semakin menyiratkan Zidane memang tak butuh Bale lagi musim depan. 

Ini menjadi sinyal yang jelas bagi Real Madrid dan agen Bale kalau akhir musim nanti jadi momen tepat bagi Bale untuk pergi. Meski ini menimbulkan kekecewaan yang besar bagi Bale.

Lawan Real Sociedad, Zidane memilih pemain muda seperti Brahim Diaz, Mariano Diaz, Lucas Vazquez, Vinicius Junior untuk menemani Karim Benzema di lini depan. Raphael Varane menambah krisis di lini belakang Real Madrid setelah cederanya Sergio Ramos.

Zidane juga tak bisa mainkan Keylor Navas di laga Real Madrid melawan Sociedad nanti. Pelatih asal Prancis juga lupakan Sergio Reguilon, tapi memanggil kembali Marcos Llorente.

Alasan Zidane

Zidane kemungkinan sudah bilang adios untuk Gareth Bale jelang berakhirnya musim bersama Real Madrid (AFP/Janek Skarzynski)

Zidane ogah menanggapi agen Bale yang menyebut dirinya memalukan. Itu setelah keputusan Zidane mencoret Bale di dua laga terakhir.

Zidane mengaku punya otoritas untuk memilih pemain. Dia lebih khawatir dengan hasil pertandingan, bukan komentar seorang Zidane.

"Tidak, saya tak mau jawab pernyataan agen Bale, saya pelatih Real Madrid dan dia lakukan tugas keagenannya," kata Zidane seperti dikutip Marca.

"Saya harus memikirkan pertandingan, main baik, itu yang bikin saya khawatir."

Sebelum laga ini, Zidane diketahui sudah bicara dengan Bale terkait masa depannya. Namun Zidane ogah buka isi percakapannya.

Skuat Madrid

Skuat Madrid yang dibawa ke Anoeta untuk menghadapi Real Sociedad:

Kiper: Thibaut Courtois, Luca Zidane, Diego Altube.

Bek: Dani Carvajal, Jesus Vallejo, Nacho, Marcelo.

Gelandang: Toni Kroos, Luka Modric, Casemiro, Federico Valverde, Marcos Llorente, Marcos Asensio, Brahim Diaz, Isco.

Depan: Mariano Diaz, Karim Benzema, Lucas Vazquez, Vinicius Junior.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baznas Bekasi Sudah Tetapkan Nilai Zakat Fitrah

Posted: 11 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bekasi, Jawa Barat menetapkan nilai zakat fitrah yang harus dikeluarkan masyarakat sebesar Rp 40.000 per orang.

Wakil Ketua Baznas Kota Bekasi, Nur Hakim mengatakan, penetapan besaran nilai zakat fitrah ini ditentukan dari hasil rapat bersama Pemerintah Kota Bekasi, Kementerian Agama Kota Bekasi, Bulog, Dinas Perdagangan, serta organisasi keagamaan.

"Nilai zakat fitrah tersebut ditetapkan bedasarkan harga beras dengan kualitas baik seharga Rp 11.000, maka besar zakat fitrah sebanyak 3,5 liter beras jika diuangkan sebesar Rp 38.500, kemudian kita genapkan menjadi Rp40.000," ujar Hakim, seperti dilansir Antara, Kamis, 9 Mei 2019.

Menurut Hakim, idealnya memberikan zakat fitrah itu berupa beras. Karena, kata dia, sesungguhnya untuk zakat fitrah itu apa yang dimakan, namun terkadang umat lebih memilih mengeluarkan zakat berupa uang.

"Dengan telah ditetapkannya besaran zakat fitrah ini, saya mengimbau kepada masyarakat agar segera membayarkan zakat fitrahnya sehingga dapat dibagikan langsung kepada yang berhak menerima," ucap Hakim.

Dia mengatakan, dari zakat fitrah yang dibayarkan, diharapkan bisa mengurangi angka masyarakat prasejahtera di Kota Bekasi.

"Disegerakan, paling lambat H-3 sebelum lebaran kalau bisa, agar para amil zakat bisa menyerahkan secepatnya kepada yang berhak menerima," pungkas Hakim.

 

Lembar Kupon Zakat Disebar

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan pawai simpatik menyambut Ramadan 1440 Hijriah di Patung Kuda, Jakarta, Jumat (3/5/2019). Dalam aksinya, Baznas menyerukan kewajiban membayar zakat, mengingat Ramadan semakin dekat. (merdeka.com/Imam Buhori)

Staf bidang Pengumpulan Zakat Baznas Kota Bekasi M Syambuzi mengaku, sebanyak 400.000 lembar kupon zakat fitrah telah disebar ke tiap Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dengan berbekal Surat Keputusan (SK) dan Surat Edaran (SE) Wali Kota Bekasi.

Menurutnya, ratusan lembar kupon itu didistribusikan ke empat segmen berbeda, yakni masyarakat melalui Kepala Seksi Kessos Kecamatan, ASN melalui UPZ dinas atau OPD, sekolah melalui Koordinator UPP dan Disdik, serta madrasah melalui pengawas Mapenda.

"Dengan ditentukannya kadar zakat fitrah untuk wilayah Kota Bekasi maka diharapkan agar umat muslim segera menunaikan kewajiban zakat fitrahnya," kata Syam.

Sementara, Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Abdul Aziz mengatakan, besaran zakat fitrah di wilayahnya bila dikonversi menjadi rupiah jumlahnya sebesar Rp 40.250.

"Penetapan besaran zakat fitrah di Kabupaten Bekasi berdasarkan hasil Fatwa MUI Kabupaten Bekasi," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Hangus Terbakar Dekat Masjid Istiqlal, Sopir Kabur

Posted: 11 May 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil Suzuki Carry bernomor Polisi B 2579 ZF hangus terbakar di kawasan Gambir, tepatnya depan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Diduga, mobil tersebut membawa jeriken berisi cairan yang mudah terbakar.

Perwira Piket Sudin Damkar Jakarta Pusat Paino mengatakan, pihaknya menurunkan tiga unit mobil memadamkan api dari mobil yang terbakar sekitar pukul 05.30 WIB itu.

"Sebanyak tiga unit dikerahkan ke lokasi kejadian, selesai penanganan pukul 06.03 WIB, beruntungnya tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam kejadian ini," kata Paino, Minggu (12/5/2019).

Saat tim pemdam kebakaran tiba di lokasi kejadian, ungkap dia, pengemudi mobil nahas tersebut sudah tidak ada. Polisi dan petugas kebakaran masih mendalami kasus ini apakah ada unsur kesengajaan atau tidak.

"Belum diketahui apa penyebab pasti kebakaran," ujadi Paino.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Masih Buru 15 Tahanan Rutan Siak yang Kabur

Posted: 11 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Siak - Kepolisian Resor Siak masih memburu 15 tahanan dan warga binaan Rumah Tahanan Negara Klas II B Siak Sri Inderapura, Riau yang kabur usai insiden kerusuhan dan kebakaran pada Sabtu 11 Mei 2019 dini hari.

"Tahanan yang melarikan diri dan belum ditemukan sebanyak 15 orang. Anggota di lapangan terus melakukan pencarian dibantu masyarakat," kata Wakil Kepala Polres Siak, Kompol Abdullah Hariri di Siak, seperti yang dilansir dari Antara, Minggu (12//2019).

Dia menyebutkan, total jumlah tahanan dan warga binaan Rutan Siak adalah sebanyak 648 orang. Akibat insiden kerusuhan dan kebakaran bangunan rutan hampir semuanya hangus terbakar.

Maka dari itu, pihak kepolisian memindahkan para tahanan ke lembaga pemasyarakatan ataupun rutan di kabupaten/kota lainnya. Totalnya yang sudah dievakuasi ke lapas dan rutan lain sebanyak 615 orang.

Rinciannya ke Rutan Bangkinang 81 orang, Rutan Anak Pekanbaru 12 orang,

Lapas Klas II A Pekanbaru 26 orang perempuan, Rutan Gobah Pekanbaru 181 orang dan di Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru 265 orang. Kemudian ke Rutan Bengkalis 45 orang dan Rutan Dumai lima orang.

"Semuanya dibawa pakai bus dan truk, 15 bus umum kita koordinasi dengan pemerintah daerah dan perusahaan untuk dibantu. Dan lainnya pakai mobil tahanan polisi dan kejaksaan," ujarnya.

Sementara tahanan yang belum dievakuasi adalah sebanyak 33 orang dengan dua sedang dirawat di RSUD Siak. Ada satu orang di Rutan Polsek Siak dan dalam pemerikasaan terkait kerusuhan di Satuan Reserse Kriminal Polres Siak sebanyak tujuh orang

"Ada yang baru berhasil diamankan di Polsek Siak sebanyak sembilan orang," tambahnya.

Tim Khusus

Rumah tahanan (Rutan) Siak, Riau, dibakar pada Sabtu (11/5/2019) dini hari. (Liputan6/M Syukur)

Kementerian Hukum dan HAM membentuk tim untuk menginvestigasi insiden kerusuhan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Siak Sri Indrapura, Provinsi Riau.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM, Sri Puguh Budi Utami, langsung menyatakan pembentukan tim investigasi usai meninjau kondisi Rutan Siak, Sabtu 11 Mei 2019. Dalam kunjungannya itu, Sri Puguh didampingi Kepala Kanwil Hukum dan HAM Riau, M Diah.

"Kita membentuk tim guna melakukan penyelidikan terkait kerusuhan di Rutan Siak," kata Sri Puguh, yang dikutip dari Antara, Minggu (12/5/2019).

Ia menyayangkan terjadinya insiden pada Ramadan itu. Namun, pihaknya tidak mau berspekulasi tentang penyebabnya sampai menunggu hasil investigasi internal.

Dalam insiden yang terjadi pada Sabtu dini hari itu tidak ada korban jiwa. Untuk tahap pemulihan, Kemenkum HAM memutuskan untuk merelokasi ratusan narapidana dan tahanan dari Rutan Siak ke beberapa cabang rutan dan lapas lain di Riau.

Insiden di Rutan Siak menjadi yang kedua kalinya terjadi di fasilitas rutan di Provinsi Riau dalam kurun dua tahun terakhir. Sebelumnya, kerusuhan pernah terjadi di Rutan Sialang Bungkuk di Kota Pekanbaru pada 2017. Insiden itu membuat ratusan napi dan tahanan kabur dan masih ada yang belum ditangkap sampai hari ini.

Dalam hasil investigasi Kemenkum HAM, pemicu kerusuhan di Rutan Sialang Bungkuk adalah akibat oknum internal rutan yang melakukan pemungutan liar dan kondisi Rutan yang terlalu padat. Dalam proses kasus tersebut sudah ada petugas Rutan yang dipecat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Liverpool vs Wolverhampton Wanderers: Penentuan Nasib The Reds

Posted: 11 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool akan menjamu Wolverhampton Wanderers pada laga pekan terakhir Liga Inggris 2018-19 di Stadion Anfield, Minggu (12/5/2019). Laga ini menjadi penentuan nasib The Reds dalam menjuarai liga 2018-2019.

Saat ini, Liverpool masih berada di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 94. Mereka tertinggal satu poin dari Manchester City yang menempati posisi teratas.

Dengan pertandingan yang menyisakan satu laga lagi, kemenangan atas Wolverhampton menjadi hal wajib bagi Liverpool jika ingin meraih trofi juara di era Liga Inggris untuk pertama kalinya.

Akan tetapi, nasib skuat Si Merah merengkuh gelar juga ditentukan pertandingan Manchester City kontra Brighton pada hari yang sama, di The American Express Community Stadium.

Andai mengalahkan Brighton, The Citizens yang akan merengkuh trofi sekaligus mempertahankan gelar Liga Inggris.  Namun, jika Manchester City ditahan atau bahkan kalah dari The Seagulls, Liverpool yang berhak atas trofi juara dan menyudahi puasa gelar di liga selama 29 tahun.

 

Berharap Mukjizat

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, berusaha melewati pemain Wolverhampton Wanderers pada laga Piala FA di Stadion Molineux, Senin (7/1). Liverpool takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (AP/Rui Vieira)

Melakoni duel kontra Wolverhampton Wanderers, Liverpool sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Pasalnya, mereka berhasil lolos ke final Liga Champions setelah menyingkirkan raksasa Spanyol, Barcelona, dengan agregat 4-3.

Pada leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou, 1 Mei 2019, mereka kalah 0-3 dari El Barca. Namun, dalam pertemuan kedua di Stadion Anfield, 7 Mei 2019, Liverpool secara mengejutkan berhasil bangkit dan membungkam Los Cules dengan skor 4-0.

The Reds pun berharap mukjizat kembali terulang pada akhir pekan ini. Kemenangan atas Wolverhampton, sedangkan di sisi lain Manchester City takluk dari Brighton, akan membuat The Reds ke puncak klasemen sekaligus keluar sebagai juara Premier League musim ini.

"Ini adalah pekan penuh mukjizat bagi kami, di mana kami mendapatkan momen sepak bola yang luar biasa. Dari sudut pandang kami, jika kami bisa mendapatkan momen besar pada akhir pekan nanti, itu akan sangat bagus," ujar manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

"Pekan ini masih belum berakhir. Pertandingan pada hari Minggu masih masuk hitungan, di mana kami akan berjuang untuk itu. Namun, kami tahu tidak ada yang berubah jelang pertandingan ini," papar Klopp.

Tim Serigala Kerap Merepotkan

Liverpool menelan kekalahan 1-2 dari Wolverhampton Wanderers pada laga putaran ketiga Piala FA, di Molineux Stadium, Senin (7/1/2018). (AP Photo/Rui Vieira)

Meski bertekad mendulang tiga poin penuh, Liverpool diprediksi tidak akan mudah mengalahkan Wolverhampton Wanderers. Sebab, dari empat pertemuan terakhir, The Reds meraih dua kemenangan dan menelan dua kekalahan dari The Wolves. 

Selain itu, Wolverhampton juga sedang dalam kepercayaan diri tinggi. Mereka belum menelan kekalahan dalam empat pertandingan terakhir, dengan rincian tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Klub asuhan Nuno Espirito Santo itu pun bertekad untuk melanjutkan tren apik tersebut, sekaligus membuyarkan mimpi Liverpool mengakhiri penantian menjuarai liga yang telah berlangsung selama hampir tiga dekade.

"Para pemain sadar akan pertandingan dan mereka ingin bersaing seperti biasa. Kami tidak memikirkan hal-hal lain. Kami mempersiapkan diri dengan cara persis sama seperti yang selalu kami lakukan," ujar Espirito Santo.

"Tidak ada pengecualian. Tidak ada pertandingan di mana kami tidak mempersiapkan diri dengan cara yang sama, dengan detail yang sama, dan pendekatan yang sama, jadi kami tidak akan mengubah hal itu pada pertandingan terakhir musim ini," paparnya.

Prakiraan susunan pemain:

Bek Wolverhampton Wanderers, Matt Doherty dan striker Liverpool, Divock Origi mengejar bola pada laga putaran ketiga Piala FA di Molineux Stadium, Senin (7/1). Liverpool tersingkir dari Piala FA setelah takluk 1-2 dari Wolverhampton (Paul ELLIS/AFP)

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Divock Origi, Sadio Mane.

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Wolverhampton Wanderers (3-5-2): Rui Patricio; Ryan Bennett, Conor Coady, Willy Boly; Matt Doherty, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Jonny; Raul Jimenez, Diogo Jota.

Manajer: Nuno Espirito Santo (Portugal)

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Pemain Wolverhampton Wanderers, Raul Jimenez mencetak gol ke gawang Liverpool pada laga putaran ketiga Piala FA di Molineux Stadium, Senin (7/1). Liverpool tersingkir dari Piala FA setelah takluk 1-2 dari Wolverhampton Wanderers. (AP/Rui Vieira)

Head to head kedua tim:

  • 08/01/19 Wolverhampton Wanderers 2 - 1 Liverpool (Piala FA)
  • 22/12/18 Wolverhampton Wanderers 0 - 2 Liverpool (Premier League)
  • 28/01/17 Liverpool 1 - 2 Wolverhampton Wanderers (Piala FA)
  • 01/02/12 Wolverhampton Wanderers 0 - 3 Liverpool (Premier League)
  • 24/09/11 Liverpool 2 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Liverpool:

  • 21/04/19 Cardiff City 0 - 2 Liverpool (Premier League)
  • 27/04/19 Liverpool 5 - 0 Huddersfield Town (Premier League)
  • 02/05/19 Barcelona 3 - 0 Liverpool (Liga Champions)
  • 05/05/19 Newcastle United 2 - 3 Liverpool (Premier League)
  • 08/05/19 Liverpool 4 - 0 Barcelona (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Wolverhampton Wanderers:

  • 3/04/19 Southampton 3 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 20/04/19 Wolverhampton Wanderers 0 - 0 Brighton (Premier League)
  • 25/04/19 Wolverhampton Wanderers 3 - 1 Arsenal (Premier League)
  • 27/04/19 Watford 1 - 2 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 04/05/19 Wolverhampton Wanderers 1 - 0 Fulham (Premier League)

Persentase menang:

Liverpool 60 - 40 Wolverhampton Wanderers

Sumber: Berbagai sumber

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Perjalanan Para Pengambil Bambu yang Dibawa Melalui Arus Sungai

Posted: 11 May 2019 09:33 PM PDT

Bambu diikat seperti rakit kemudian diarak sepanjang puluhan kilometer menyusuri sungai Bone yang arus deras, tepatnya di Kabupaten Bone Bolango hingga berakhir di Kota Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Bambu diikat seperti rakit kemudian diarak sepanjang puluhan kilometer menyusuri sungai Bone yang arus deras, tepatnya di Kabupaten Bone Bolango hingga berakhir di Kota Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Tidak hanya arus yang deras, seringkali bahaya binatang buas seperti buaya sering mengancam keselamatan ara pengambil bambu saat membawa bambu menuju Kota Gorontalo. Namun, bagi mereka itu sudah hal yang biasa. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Tidak hanya arus yang deras, seringkali bahaya binatang buas seperti buaya sering mengancam keselamatan ara pengambil bambu saat membawa bambu menuju Kota Gorontalo. Namun, bagi mereka itu sudah hal yang biasa. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Para pengambil bambu ini mengaku sering melihat buaya yang menampakan diri ke permukaan, namun hanya tongkat yang mereka peganglah yang menjadi salah satu senjata untuk menakuti reptil tersebut selama bertahun-tahun. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Para pengambil bambu ini mengaku sering melihat buaya yang menampakan diri ke permukaan, namun hanya tongkat yang mereka peganglah yang menjadi salah satu senjata untuk menakuti reptil tersebut selama bertahun-tahun. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Inilah hiruk pikuk para penjual bambu. Bambu yang diambil di hutan kemudian dijual ke kota dan dibawa melalui sungai Bone. Para pengambil bambu ini harus melawan arus sungai demi menghidupi keluarga mereka. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Inilah hiruk pikuk para penjual bambu. Bambu yang diambil di hutan kemudian dijual ke kota dan dibawa melalui sungai Bone. Para pengambil bambu ini harus melawan arus sungai demi menghidupi keluarga mereka. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Bambu diikat seperti rakit kemudian diarak sepanjang puluhan kilometer menyusuri sungai Bone yang arus deras, tepatnya di Kabupaten Bone Bolango hingga berakhir di Kota Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Bambu diikat seperti rakit kemudian diarak sepanjang puluhan kilometer menyusuri sungai Bone yang arus deras, tepatnya di Kabupaten Bone Bolango hingga berakhir di Kota Gorontalo. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Aktivitas yang Makruh Saat Ramadan, Bisa Kurangi Berkah Bulan Suci

Posted: 11 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Di bulan ini umat muslim berlomba mencari kemuliaan dengan memperbanyak ibadah. Selain berpuasa, amalan seperti bersedekah, salat malam, membaca Alquran dan banyak lagi akan dilipat gandakan pahalanya selama bulan Ramadan.

Puasa adalah kegiatan menahan lapar dan haus serta perkara yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Saat berpuasa, umat Muslim juga menjalankan aktivitas sehari-harinya seperti biasa. Namun, rupanya ada aktivitas yang dimakruhkan saat berpuasa.

Makruh adalah sebuah status hukum Islam. Aktivitas yang berstatus hukum makruh dilarang namun tidak terdapat konsekuensi bila melakukannya. Makruh adalah suatu perkara yag jika dilakukan tidak akan mendapat dosa, namun jika ditinggalkan akan mendapat pahala.

Dalam kata lain, aktivitas yang dimakruhkan saat berpuasa akan mengurangi berkah pahala yang semestinya didapatkan. Meski tidak dilarang, aktivitas yang bersifat makruh ini disarankan untuk tidak dilakukan. Nah, apa saja hal-hal yang dimakruhkan saat berpuasa?

Berikut aktivitas yang dimakruhkan saat berpuasa, dilansir Liputan6.com dari berabagai sumber Kamis (9/5/2019).

Tidur berlebihan

Ilustrasi tidur siang (iStockphoto)

Saat bulan Ramadan pola tidur akan berubah karena aktivitas makan sahur dan ibadah malam. Ada salah satu hadis yang menyatakan bahwa tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Hadis tersebut berbunyi:

نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ "Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Do'anya adalah do'a yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan."

Hal ini kerap ditafsirkan salah oleh sejumlah orang di mana banyak yang justru bermalas-malasan saat bulan puasa. Namun, tidur yang dimaksudkan sebagai ibadah adalah tidur di waktu puasa lebih baik daripada melakukan hal yang terlarang atau hal dapat membatalkan puasa.

Jika Anda tidur berlebih saat puasa dan meninggalkan aktivitas yang seharusnya dikerjakan, maka berkah Ramadan akan berkurang.

Kumur-kumur berlebihan

Kumur Air Garam, Cara Alami Atasi Sariawan (LarsZ/Shutterstock)

Kumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung secara berlebihan adalah makruh. Aktivitas ini dimkaruhkan karena khawatirnya air akan masuk kedalam tubuh dan membatalkan puasa. Seperti yang diketahui salah satu perkara yang membatalkan puasa adalah memasukkan sesuatu kedalam lubang tubuh secara sengaja.

Lubang ini memiliki batas awal yang ketika benda melewati batas tersebut maka puasa menjadi batal, tapi selama belum melewatinya maka puasa tetap sah. Dalam hidung, batas awalnya adalah bagian yang disebut dengan muntaha khaysum (pangkal insang) yang sejajar dengan mata. Sedangkan dalam mulut, batas awalnya adalah tenggorokan yang biasa disebut dengan hulqum.

Hukum makruh ketika berkumur dan memasukkan air ke dalam hidung berlebihan saat puasa didasarkan pada sabda Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada Laqith bin Shabrah:

" Bersungguh-sungguhlah dalam berkumur dan dalam menghirup air ke hidung, kecuali jika engkau sedang berpuasa."

Jika ada air kumur yang masuk ke dalam perutnya secara sengaja, maka menurut ijtima ulama puasanya batal, dan dia harus meng-qadha atau mengganti puasanya.

Aktivitas yang mendorong nafsu

Berciuman

Berciuman bagi orang yang sedang berpuasa termasuk perbuatan yang makruh. Karena ciuman terkadang dapat membangkitkan nafsu syahwat yang dapat merusak puasanya, baik dalam bentuk keluarnya sperma maupun dengan hubungan badan. Selain ciuman aktivitas yang dapat mendorong nafsu seperti membelai dan memeluk juga dimakruhkan.

Berpikiran jorok

Berfantasi pada hal-hal yang berkaitan dengan jimak. Dalam istilah Islam, Jimak adalah hubungan badan antara manusia dengan manusia lainnya. Membayangkan atau memikirkan hal-hal jimak saat bulan puasa termasuk makrih hukumnya. Hal ini karena aktivitas ini dapat memancing orang melakukan hal seperti yang dibayangkan, sehingga memicu keluarnya air mani yang membatalkan puasa.

Memandang lawan jenis berlama-lama

Memandang lawan jenis berlama-lama jika dapat membangkitkan nafsu syahwat, maka itu termasuk hal yang makruh saat puasa. Seperti dua poin diatas, kegiatan yang membangkitkan syahwat akan berpotensi merusak puasa.

Bergosip

Ilustrasi gosip. (cbc.ca)

Bergunjing, gosip, atau ghibah adalah perbuatan buruk bahkan di luar bulan Ramadan. Bergosip menjadi aktivitas yang dimakruhkan saat bulan puasa. selain merugikan orang lain, bergosip juga dapat merugikan diri sendiri. Hal ini karena waktu yang seharusnya untuk beribadah akan terbuang sia-sia karena bergosip.

Ghibah bahkan perbuatan yang dilarang. Mereka yang suka menggosip bahkan diibaratkan seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Bekam dan menyelam

Benarkah Bekam Efektif Atasi Hipertensi? (Sylv1rob1/Shutterstock)

Bekam

Bekam adalah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah statis (kental) yang mengandung toksin dari dalam tubuh manusia. Bekam bisa membuat tubuh menjadi lemah. Namun, jika tidak memberikan dampak yang bisa membuat tubuh lemas, maka boleh melakukan bekam saat puasa.

Menyelam

Hal yang makruh saat puasa berikutnya adalah mandi dengan menyelam. Kal ini karena ketika mandi dengan menyelam, ada air yang masuk walaupun sedikit ke dalam tubuh, baik melalui mulut atau lubang-lubang tubuh yang lain.

Mencicipi makanan dan sikat gigi

sikat gigi/pixabay

Mencicipi makanan

Menurut beberapa ulama mencicipi makanan jika tidak tertelan bukan merupakan hal yang makruh. Namun jika mencicipi masakan berkali–kali dan ada yang masuk ke dalam perut walaupun hanya sebagian kecil, maka hal ini dapat membatalkan puasa orang tersebut.

Sikat gigi

Meski diperbolehkan, ada baiknya saat berpuasa menyikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi. Hal ini dikhawatirkan rasa pasta gigi masuk ke dalam mulut dan kerongkongan hingga hukumnya menjadi makruh.

Puasa secara wishal

Puasa wishal adalah menyambungkan puasa ke hari berikutnya tanpa berbuka di malam hari. Padahal, kaum muslimin yang berpuasa diperintahkan untuk berbuka setiap malamnya. Makruh bagi mereka yang puasa dua hari atau lebih tanpa sedikit pun mengkonsumsi makanan atau minuman sepanjang siang dan malam.

Puasa wishal dimakruhkan adalah agar tubuh tidak menjadi lemah untuk menunaikan berbagai kewajiban yang lain, seperti sholat, baca Alquran, bekerja, dan sebagainya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Perusahaan Ini Ciptakan Drone yang Bisa Dimakan Untuk Bantu Korban Bencana

Posted: 11 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di masa depan, drone punya peran penting, yakni mengirimkan benda-benda krusial untuk kebutuhan serba cepat. Kali ini, perusahaan Windhorse Aerospace Limited yang berbasis di Inggris baru-baru ini mengembangkan drone dengan konsep edible atau bisa dimakan, seperti yang Liputan6.com lansir dari Ozoneering New Atlas, Minggu (12/5/2019).

Drone Unmanned Air Vehicle (UAV) ini bisa memuat bantuan pangan ke daerah bencana alam khususnya daerah terpencil yang susah dijangkau. Windhorse sendiri memang merupakan perusahaan yang expert dalam pembuatan pesawat tak berawak dan membuat badan pesawat dengan mesin aero.

Nigel Gifford, company founder Windhorse sempat membuat desain feeding program untuk prajurit dengan mengembangkan drone Ascenta yang akhirnya dibeli Facebook di tahun 2014 saat bekerja di British Armed Force. Penemuannya kali ini dalam pengembangan pesawat tanpa awak dinamai The Pouncer.

Drone Serba Guna

The Pouncer (sumber: Ozoneering New Atlas)

Rencananya, badan pesawat ini akan dibuat dan dikemas agar bisa dimanfaatkan secara maksimal dan tidak ada yang terbuang percuma. Oleh karena itu, badan pesawat  akan dibuat dari kerangka kayu dan pre-formed shell yang tahan air dan sangat aerodinamis. Nantinya, rongga pada badan pesawat akan dipenuhi makanan pokok termasuk air dan obat yang dibawa dengan model vacuum-packed food.

Satu unit drone ini bisa membawa 50 kg bahan pangan yang bisa digunakan untuk 40-50 orang. Selanjutnya, badan kayu pesawat tadi dapat digunakan sebagai bahan bakar api untuk memasak. Sedangkan pre-formed shell dapat diubah menjadi tempat penampungan atau wadah air sederhana.

Pouncer, sebutan dari badan pesawat ini bertujuan untuk dapat mengatasi masalah bantuan infrasturktur terpencil secara praktis. Ide dan desain pesawat ini sebenarnya sudah digunakan sejak tahun lalu untuk memberi bantuan pangan ke Suriah. Namun, tahun lalu bantuan dengan metode tradisional dengan menjatuhkan kotak melalui parasut akan sia-sia, mahal, dan drone besi yang diterjunkan tidak bisa digunakan kembali.

Solusi Efektif Menjangkau Korbar Bencana

 

The Pouncer dirancang untuk situasi di mana semua komunikasi dan jalan terputus, rel kereta api dan kereta api hancur, atau lalu lintas darat tidak memungkinkan menjangkau korban. Pouncer dapat mendarat secara akurat dan membantu memberi nutrisi maksimal untuk membantu bertahan hidup. Komposisi makanan yang ada di pesawat ini katanya akan memberikan kalori yang pas untuk kebutuhan sehari-hari manusia.

Didukung oleh kompresi udara atau unit bahan bakar yang padat, daya tahan penerbangan Pouncer akan sampai 100 km ke zona pendaratan yang telah ditetapkan oleh GPS. Untuk segera merealisasikan drone ini, Windhorse Aerospace bekerja sama dengan NSF International, sebuah organisasi untuk kesehatan masyarakat global. Tidak heran, Pouncer rencananya juga akan dibuat beberapa versi tergantung kebutuhan lokasi.

The Pouncer akan diterjunkan ke lokasi dengan pesawat transport C-130 Hercules pada ketinggian 10.000 ft (3.000 m). Dengan ketinggian minimum 22 mil (35 km) atau ketinggian maksimum 25.000 ft (7.600 m), yang mampu meningkatkan jangkauan luncur hingga 62 mil (100 km).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Khas Korea Selatan yang Jarang Dilirik, Mau Coba?

Posted: 11 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Makanan khas Korea Selatan banyak dicari orang-orang karena budaya Hallyu yang sudah mendarah daging di Indonesia. Bahkan, beberapa televisi nasional banyak menayangkan drama Korea sehingga masyarakat sedikit banyak tahu mengenai Korea Selatan.

Dalam drama Korea, biasanya menampilkan adegan makan. Tanpa disadari, pecinta drama Korea pun menjadi tahu makanan khas Korea Selatan. Di Indonesia banyak menjamur restoran Korea untuk menghilangkan rasa penasaran masyarakat Indonesia dengan makanan yang terdapat dalam drama Korea.

Makanan yang sering ada dalam drama Korea seperti kimchi, kimbab, tteokbokki, eomuk, pajeon, bibimbap, dan jjajangmyeon. Padahal, masih banyak makanan khas Korea Selatan yang jarang diperlihatkan. Berikut enam makanan khas Korea Selatan yang jarang diketahui dirangkum dari berbagai sumber.

1. Milmyeon

Ketika masa Perang Korea, para pengungsi dari bagian utara mulai membuat mi dari tepung gandum yang akhirnya menjadi masakan khas dari Kota Busan. Milmyeon atau mi gandum ini disajikan dengan kaldu daging sapi, babi, atau ayam pedas (mul milmyeon) atau dibumbui dengan saus pedas (bibim milmyeon).

2. Ojingeo Sundae

Makanan yang satu ini merupakan cumi-cumi utuh yang diisi dengan nasi, potongan wortel, bawang bombai, dan sayuran lain, kemudian dikukus. Ojingeo sundae biasa dicelupkan dalam mustard pedas Korea yang disebut gyeoja. Desa Abai di Sokcho, Gangwon-do, terkenal dengan makanan yang satu ini.

3. Hwangtae Gui

Di dataran tinggi Inje, Gangwon-do, ikan pollack digantung diudara terbuka agar kering. Hwangtae Gui atau ikan pollack kering panggang ini dipanggang dengan saus gochujang atau pasta cabai khas Korea Selatan. Rasa pedas khas gochujang dijamin akan membuat Anda ketagihan.

 

4. Jjimdak

copyright Shutterstock

Mirip dengan semur ayam ala Indonesia, Jjimdak merupakan ayam yang direbus dengan saus kecap khas Korea. Di dalamnya pula terdapat bihun, wortel, cabai kering, jamur, bawang bombai, dan daun bawang. Rasanya gurih, manis, agak asin, serta pedas akan membuat Anda ingin makan lagi dan lagi.

5. Daetongbap dan Tteokgalbi

Daetongbap atau nasi dimasak dalam bambu yang dibumbui dengan rempah-rempah. Tteokgalbi adalah daging iga sapi yang dibuat seperti patty daging burger dan dibumbui. Keduanya merupakan makanan khas dari daerah Damyang, provinsi Jeolla. Daetongbap yang beraroma bambu sangat cocok dimakan bersama tteokgalbi yang dibakar diatas arang. Rasanya yang lezat sangat disayangkan bila tak dicoba saat berkunjung ke Korea Selatan.

6. Chueotang

Bahan utama Chueotang ialah ikan loach. Ikan loach dibuat sup dengan cita rasa khas Korea. Sup dibuat dengan menggiling ikan loach, kemudia direbus dengan kubis kering atau ugeoji, pasta kedelai atau deonjang, dan biji perilla. Chueotang terkenal selain rasanya yang lezat juga menyehatkan. Bila berkunjung ke Korea Selatan, pastikan Anda mencoba sup ikan loach ini. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Kalah dengan Irish Bella, Giorgino Abraham Segera Menikah?

Posted: 11 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan kekasih Giorgino Abraham, Irish Bella telah resmi menjadi istri Ammar Zoni setelah keduanya melakukan ijab kabul pada 28 April 2019 lalu. Kabarnya Giorgino Abraham yang kini telah memiliki kekasih seorang model cantik bernama Ailish Ferguson, akan mengikuti jejak Irish Bella untuk naik pelaminan.

Ditemui di kawasan Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019) begini jawaban Giorgino Abraham ditanya mengenai hal tersebut. 

"Enggak , enggaklah," kata Giorgino sambil tersenyum. 

Karier

Giorgino Abraham

Saat ini kata Giorgino Abraham, dirinya masih fokus dengan kariernya baik di dunia seni peran tarik suara. Terlebih dalam waktu dekat ini ia akan merilis single pop.

"Sekarang lagi enjoy life, yang aku bilang, pengin fokus sama karier. Ada single yang aku rilis juga. Beberapa bulan lagi aku akan rilis lagu baru," ujar Giorgino. 

Masa Depan

Giorgino Abraham (Nurwahyunan/Fimela.com)

Bila sudah waktunya Giorgino pasti menikah. Namun yang pasti saat ini pria 24 tahun masih memilih melebarkan sayapnya di panggung hiburan Tanah Air.

"Kalau sudah waktunya ya pasti (nikah) tapi sekarang fokus karir dulu," kata Giorgino. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IMF: Ketegangan AS vs China Jadi Ancaman Ekonomi Dunia

Posted: 11 May 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan, ketegangan perang dagang yang baru-baru ini mencuat kembali antara Amerika Serikat (AS) dan China bakal jadi ancaman utama bagi ekonomi dunia.

"Jelas ini akan jadi ancaman bagi ekonomi dunia," ujarnya di Paris seperti dilansir dari laman Reuters.

Chritine menambahkan jika isu yang mencuat baru-baru ini akan membuat kesepakatan antara AS dan China semakin sulit tercapai.

Sebelumya, Presiden AS Donald Trump mengagetkan pasal global dengan mengancam akan menaikkan tarif bea impor terhadap produk China sebanyak 25 persen dari semula 10 persen.  Trump menyatakan ancamannya ini melalui akun twitter pribadinya.

Bukan hanya IMF saja, bahkan Menteri Ekonomi Prancis Bruno Le Maire juga memperingatkan akan dampak dari perang dagang yang terjadi antara dua ekonomi terbesar dunia ini.

 

Kenaikan Tarif Harus Jadi Jalan Terakhir

Perang Dagang AS vs China

Selain itu, Le Maire juga meminta agar AS dan China untuk tidak mengambil keputusan buruk yang dapat mengancam serta merusak pertumbuhan ekonomi global dalam beberapa bulan mendatang.

"Menaikkan tarif ini merupakan jalan terakhir yang harusnya diambil. Namun ini juga menjadi keputusan yang begitu negatif untuk perkembangan ekonomi di seluruh dunia, bahkan juga di Eropa," ujarnya yang dilansir dari laman AFP.

China telah mengumumkan akan menghadirkan negosiator utamanya dalam perundingan esok di AS.

Sebelum ketegangan ini mencuat, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin menyatakan jika perundingan antara AS dan China telah 90 persen menuju sepakat.

Namun sayang, kesepakatan final ini harus tertunda karena menurut AS, China telah mengingkari beberapa komitmen penting yang telah mereka buat selama berbulan-bulan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi MU vs Cardiff City: Laga Perpisahan Dua Bintang

Posted: 11 May 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Machester United (MU) akan menjamu Cardiff City pada laga pamungkas Liga Inggris 2018-19 di Old Trafford, Minggu (12/5/2019). MU dipastikan tidak bisa finis di empat besar, sedangkan Cardiff telah pasti terlempar ke kompetisi kasta kedua.

MU tanpa kemenangan dalam empat laga terakhirnya di Liga Inggris (M0 S2 K2), dan cuma menang dua kali dalam delapan laga terakhirnya di kompetisi ini (M2 S2 K4).

Klub berjuluk Setan Merah itu melalui sebagian besar musim ini di posisi 6, dari ketika masih dilatih Jose Mourinho hingga kini bersama Ole Gunnar Solskjaer.

MU bisa melepaskan diri dari 'belenggu' peringkat 6 dan finis setingkat lebih baik. Untuk itu, United (66 poin) perlu mengalahkan Cardiff dan berharap Arsenal (67 poin) gagal menang di kandang Burnley.

Hanya saja, Arsenal sedang sangat bersemangat usai memastikan diri lolos ke final Liga Europa. Arsenal pun diyakini bisa melalui laga terakhirnya di Premier League dengan kemenangan.

Bek Manchester United (MU) Antonio Valencia. (AFP/Oli Scarf)

Pada pertemuan pertama di Liga Inggris musim ini, MU menang 5-1 di kandang Cardiff. Di Old Trafford nanti, MU punya kans untuk kembali mengalahkan Cardiff.

Laga ini jadi perpisahan bagi kapten tim Antonio Valencia dan juga gelandang jangkar, Ander Herrera.

Beberapa bulan yang lalu, Valencia resmi mengumumkan akan meninggalkan Manchester United. Ia memutuskan untuk pergi setelah ia gagal mencapai kata sepakat dengan manajemen Setan Merah terkait dengan kontraknya yang habis di musim panas nanti.

Pemain asal Ekuador itu sudah lama tidak bermain di skuat Manchester Unired. Cedera membuatnya absen dari skuat utama sejak tanggal 2 Januari 2019 kemarin. Solskjaer berharap ia bisa melepas kepergian Valencia dengan baik di laga melawan Cardiff City nanti.

Demikian pula dengan Ander Herrera yang sehari jelang laga mengumumkan kepergiannya dari klub. Jika ambil bagian dalam jajaran skuat utama pada laga penutup kompetisi, keduanya pasti berupaya unjuk gigi memberi perpisahan manis kepada suporter MU.

 

Komposisi Pemain dan Statistik

Gelandang Manchester United, Ander Herrera, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Cardiff pada laga Premier League di Stadion Cardiff City, Wales, Sabtu (22/12). Cardiff kalah 1-5 dari MU. (AFP/Geoff Caddick)

Prakiraan Susunan Pemain:

Manchester United (4-3-1-2): De Gea; Shaw, Lindelof, Jones, Valencia; Pogba, McTominay, Herrera; Mata; Rashford, Greenwood.

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Cardiff  City(4-4-1-1): Etheridge; Bennett, Manga, Morrison, Peltier; Hoilett, Bacuna, Gunnarsson, Mendez-Laing; Cordova-Reid; Zohore

Manajer: Neil Warnock

3 Pertemuan Terakhir:

23-12-2018 Cardiff 1-5 United (EPL)

29-01-2014 United 2-0 Cardiff (EPL)

24-11-2013 Cardiff 2-2 United (EPL)

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Atalanta Masuk 3 Besar

Posted: 11 May 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia memasuki pekan ke-36. Persaingan untuk merebut tiket Liga Champions semakin ketat.

Juventus sudah tak terkejar lagi di puncak klasemen Liga Italia. Mereka mengoleksi 89 poin dari 35 laga.

Sementara posisi kedua juga sudah diamankan Napoli. Anak asuh Carlo Ancelotti mengoleksi 73 poin dari 35 laga.

Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Atalanta. Kemenangan atas Genoa membuat mereka mengoleksi 65 poin.

Namun posisi ini masih rawan disalip Inter Milan dan AC Milan. Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya:

 

Klasemen Liga Italia

Penyerang Atalanta, Alejandro Gomez, dan bek Robin Gosens, melakukan selebrasi pada sebuah laga Serie A 2018-2019. (AFP/Miguel Medina)

Jadwal

Jadwal Liga Italia

Minggu (12/5/2019)

17:30 WIB, Torino vs Sassuolo

20:00 WIB, Sampdoria vs Empoli

20:00 WIB, Frosinone vs Udinese

23:00 WIB, SPAL vs Napoli

Senin (13/5/2019)

01:30 WIB, AS Roma vs Juventus

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramadan Asyik: Melancong ke Kebun Kurma Abu Faisal

Posted: 11 May 2019 09:15 PM PDT

Fokus, Jakarta - Salah satu kegiatan jemaah jika melakukan ibadah umrah yaitu datang ke kebun kurma. Salah satu yang paling tersohor ialah kebun kurma Abu Faisal.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (12/5/2019), pengunjung bukan hanya bisa melihat langsung hamparan kebun kurma dengan 400 pohon, tetapi bisa membeli aneka kurma sebagai buah tangan.

Toko kurma Abu Faisal yang mememiliki karyawan mayoritas orang Indonesia tersebut bisa menjual sedikitnya 500 kilogram kurma.

"Dalam sehari antara 500-800 kilogram. Kalau ramai bisa lebih" ujar Ahmad, manajer kebun kurma.  

Kurma yang menjadi favorit adalah kurma ajwa atau lebih dikenal kurma nabi. Pengunjung yang datang ke kebun kurma pasti memborong aneka kurma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN: Bisnis Sabu di Bekasi Dikendalikan Jaringan Napi di Pulau Jawa

Posted: 11 May 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggerebek gudang narkoba di Bekasi, Jawa Barat, Minggu (12/5/2019) dini hari. Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan, bisnis narkotika jenis sabu itu dikendalikan oleh jaringan napi atau narapidana.

"Indikasi kuat kami, pengendalinya adalah seorang narapidana yang saat ini menjalani hukuman di salah satu Lembaga Pemasyarakatan di Pulau Jawa," kata Arman, Minggu, seperti dilansir Antara.

Indikasi itu terkuak dari hasil penangkapan dua kurir sekaligus pengedar sabu oleh BNN di Bekasi pada Sabtu 11 Mei pukul 20.00 WIB dan Minggu 12 Mei pukul 01.00 WIB tadi.

"Kurir yang kami tangkap satu inisialnya ZUL, satu lagi FAR, relatif lebih muda, yang satu 22 tahun satunya lagi 30 tahun," kata dia.

Arman mengungkapkan, bisnis sabu di Bekasi diduga sudah berlangsung cukup lama dan dikendalikan oleh jaringan profesional yang mempunyai cakupan luas dan berkelas kakap.

"Kita (BNN) menemukan catatan, ini bukan kali pertama, setidaknya sudah empat kali terjadi di Bekasi," ucap Arman.

"Dan semuanya itu dengan jumlah sekali perbuatan lebih dari 100 kilogram, ini yang perlu kami sampaikan sebagai hasil operasi," imbuh dia.

 

Masih Cari Pelaku Lain

Deputi Pemberantasan BNN Arman Depari memperlihatkan barang bukti sabu saat rilis penyelundupan narkoba jaringan Malaysia di Jakarta, Selasa (16/10). BNN membongkar 4 kasus narkoba dengan mengamankan 17 tersangka. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

BNN masih melakukan pengembangan dan bergerak di lapangan untuk mencari tersangka lain yang diduga terlibat.

"Kami masih melalakukan pengejaran terhadap tersangka lain dalam kegiatan penyalahgunaan, peredaran dan penyeludupan narkoba," kata Arman.

Sebelumnya, dari operasi penggerebekan di Bekasi pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari tadi, BNN berhasil menyita total sebanyak 250 kilogram sabu, ribuan ekstasi dan pil happy five.

Dia menjelaskan, ada dua gudang yang digerebek dalam satu rangkaian kasus. Pertama, BNN menggerebek rumah di Tambun, Kabupaten Bekasi, dimana didapati 100 kantong sabu, kemudian hasil pengembangan digerebek lagi di Kranji dan ditemukan 80 kantong.

"Jumlah barang bukti yang disita sabu kurang lebih 200 kilogram, karena kita belum timbang secara pasti namun dari bungkus yang kita hitung kira-kira jumlahnya segitu, kemudian ekstasi 25 ribu butir dan happy five 4.000. Ini juga belum pasti karena masih hitung bungkus besarnya," ujar Arman.

 

Diduga dari Malaysia

Barang bukti sabu saat akan dimusnahkan di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). BNN memusnahkan sebanyak 169,68 kilogram sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut dia, narkoba tersebut didatangkan langsung dari Pulau Sumatera. "Narkoba dibawa dari Sumatera, tepatnya dari Provinsi Riau," lanjut dia.

BNN menduga barang haram siap edar yang dikirim dari Provinsi Riau itu berasal dari Malaysia.

"Kemungkinan besar berasal dari Malaysia yang diseberangkan melalui jalur laut serta darat dengan menggunakan truk tronton dicampur dengan kelapa untuk menyamarkan narkoba sekaligus mengelabui petugas," ujar Arman.

Ia mengaku telah melakukan pengintaian sejak Sabtu 11 Mei kemarin sebelum akhirnya melakukan penggerebekan di Tambun pada Sabtu pukul 20.00 WIB. Dan setelah melakukan pengembangan, petugas BNN kemudian melakukan penggerebekan di Kranji pada Minggu pukul 01.00 WIB.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Vlogger Digigit Gurita hingga Perusahaan Bitcoin Diretas

Posted: 11 May 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beragam cara aneh dan berbahaya sering dilakukan oleh vlogger demi mendulang jutaan views. Salah satunya adalah wanita asal Tiongkok ini.

Vlogger wanita yang mengklaim pecinta seafood itu nekat menyiarkan video dirinya memakan gurita hidup. Alih-alih menjadi hal yang mudah, ternyata gurita yang ia makan bergerak dan menggigit pipi wanita tersebut.

Artikel di atas, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Sabtu (12/1/2019).

Selain itu, dua artikel lain yang tak kalah populernya, yakni deretan smartphone Huawei yang akan mencicipi Android Q, dan perusahaan Bitcoin rugi besar karena aksi peretasan.

Tanpa berpanjang lebar, kamu bisa simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Makan Gurita Hidup, Vlogger Ini Digigit hingga Terluka

Seaside Girl saat mencoba makan gurita (Sumber: Twitter/worldofbuzz)

Ada-ada saja kelakuan vlogger zaman sekarang. Beragam cara aneh dan berbahaya mereka lakukan demi mendulang jutaan views. Ambil contoh wanita yang satu ini.

Dilansir Ubergizmo pada Minggu (12/5/2019), vlogger wanita asal Tiongkok tersebut, mencoba siaran langsung dengan memakan gurita hidup.

Wanita ini mengklaim kalau dirinya pecinta seafood. Ia menyiarkan video tersebut di platform video Tiongkok, Kuaishou, dengan nama "Seaside Girl Little Seven".

Selengkapnya baca di sini

 

2. Setelah Pixel, Smartphone Huawei Akan Cicipi Android Q

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Huawei terus berusaha memperkuat posisinya di pasar smartphone.

Kali ini, perusahaan berupaya agar jajaran smartphone flagship besutannya bisa lebih cepat mendapatkan pembaruan ke versi terbaru OS Android.

Dilansir Phone Arena, Sabtu (11/5/2019), Huawei mengungkapkan sejumlah smartphone flagship miliknya, termasuk dari sub-brand Honor, akan menerima pembaruan ke Android Q secepat mungkin setelah smartphone Google Pixel.

Selengkapnya baca di sini

3. Rugi Besar, Bitcoin Perusahaan Senilai Rp 588 Miliar Dicuri Hacker

Ilustrasi Bitcoin (iStockPhoto)

Perusahaan tukar menukar mata uang kripto Binance, kebobolan dan menyebabkan kerugian dalam jumlah besar.

Mengutip laman BBC, Jumat (10/5/2019), Binance diretas oleh kelompok hacker yang membuat mereka kehilangan 7.000 Bitcoin dengan total senilai USD 41 juta (setara Rp 588 miliar).

Gara-gara peretasan ini, proses penarikan uang kini dihentikan sementara dari platform tersebut. "Kami memohon pengertian Anda di saat yang sulit ini," kata Binance.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Tambah Alutsista Tempur di Teluk Persia, Unjuk Gigi terhadap Iran?

Posted: 11 May 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Amerika Serikat (AS) akhir pekan ini mengirim kapal transpor amfibi dan sistem rudal pertahanan udara Patriot ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran.

USS Arlington, yang juga membawa alutsista aviasi, akan bergabung dengan formasi carrier strike group ke-8 AL-AS yang dipimpin USS Abraham Lincoln di Teluk Persia. Kapal induk itu dikabarkan telah melintasi Terusan Suez untuk menuju Timur Tengah, usai melaksanakan misi di Atlantik.

Sementara itu, pesawat pembom B-52 AS juga telah tiba di pangkalan udara di Qatar, tambah Kementerian Pertahanan AS (Pentagon).

Kemhan mengatakan langkah itu merupakan respons terhadap kemungkinan ancaman terhadap pasukan AS di kawasan itu, tanpa menyebut rinciannya.

Pada Jumat 10 Mei 2019, Pentagon mengatakan tengah "bersiap mempertahankan pasukan dan kepentingan AS di kawasan" Teluk, menambahkan bahwa mereka tak ingin mencari konflik dengan Iran, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (12/5/2019).

AS memiliki sekitar 5.200 pasukan di Irak dan beberapa instalasi militer di negara-negara Arab di Teluk Persia.

Tanggapan Iran

Iran menolak klaim AS, menyebutnya sebagai omong kosong.

Teheran menggambarkan penempatan terbaru alutsista AS di kawasan Teluk Persia sebagai "perang psikologis" yang bertujuan untuk mengintimidasi mereka.

Iran juga telah mengatakan akan kembali melanjutkan pengayaan uranium untuk pengembangan nuklir.

Seorang mullah ternama di Iran, seperti dikutip dari kantor berita negara ISNA, mengatakan bahwa armada AS "bisa dihancurkan dengan satu rudal kami".

AS dan Iran Kian Memanas

Presiden Amerka Serikat (AS) Donald Trump siap meluncurkan sanksi paling berat terhadap Iran, Senin, 5 November 2018 (AFP).

AS mengumumkan sanksi baru yang keras terhadap Iran, di mana memicu ketegangan meningkat di antara kedua negara, dalam konflik yang telah berlangsung puluhan tahun lamanya.

Presiden AS Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif pada Rabu 8 Mei, untuk menjatuhkan sanksi terhadap Iran dalam industri baja, aluminium, tembaga, dan besi, yang merupakan pendapatan mata uang asing paling utama bagi lumpuhnya perekonomian Teheran.

Dikutip dari Al Jazeera pada Kamis 9 Mei, Trump juga mengancam tindak lanjutan yang lebih keras, kecuali Iran "secara fundamental" mengubah perilakunya.

Menurut Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, sektor logam adalah sumber pendapatan ekspor non-minyak terbesar bagi Iran, yang menyumbang sekitar 10 persen dari pendapatan ekonomi nasional.

"Karena kebijakan kami, rezim Iran kesulitan mendanai kampanye teror yang kejam karena ekonominya menuju depresi yang belum pernah terjadi sebelumnya, pendapatan pemerintah mengering, dan inflasi tidak terkendali," kata Trump dalam sebuah pernyataan.

Iran Keluar dari Kesepakatan Nuklir

Detik-detik anggota parlemen Iran membakar dua lembar kertas bergambar bendera AS, Teheran, Iran, Rabu (9/5). Donald Trump menarik AS dari kesepakatan Nuklir Iran dan akan memberlakukan kembali sanksi terhadap Teheran. (AP Photo)

Langkah AS untuk menjatuhkan sanksi baru kepada Iran dilakukan setelah Teheran mengatakan pihaknya akan menghentikan bagian dari perjanjian nuklir 2015, yang ditinggalkan AS pada 2018 dan memicu krisis saat ini.

Iran mengatakan, pengumuman penarikan diri akan disampaikan oleh Rouhani, termasuk akan menyinggung bagian 26 dan 36 dari Kesepakatan Nuklir Iran (JCPOA). Dalam artikel itu dibahas langkah yang memungkinkan Iran untuk mengambil kebijakan tertentu jika satu pihak menarik diri dari perjanjian.

Langkah Iran tersebut dapat dilihat sebagai bukti adanya tekanan yang masif dari dalam negeri. Presiden Hassan Rouhani telah barkali-kali didorong untuk mengambil kebijakan konkret menyusul keluarnya AS dari kesepakatan nuklir.

Negeri Persia itu tampaknya telah kehilangan kesabaran dalam usaha menciptkan mekanisme finansial dengan negara-negara Eropa --yang sampai saat ini masih bertahan dalam JCPOA. Mekanisme yang dimaksud khususnya terkait kerja sama perdagangan obat dan barang-barang pokok, sebagai alternatif sanksi AS.

Lambatnya Eropa bukan tanpa alasan. Pemerintahan Trump telah berkali-kali memperingatkan region itu untuk tidak membantu Iran menghadapi sanksi AS, atau mereka akan berhadapan dengan konsekuensi buruk.

Sebagai implikasinya, banyak negara Eropa yang menarik diri dari berdagang dengan Teheran.

Lebih lanjut, Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif mengatakan langkah itu diambil untuk mengurangi beberapa komitmen "sukarela" dalam kesepakatan nuklir.

"Uni Eropa dan lainnya ... tidak memiliki kekuatan untuk melawan tekanan AS, oleh karena itu Iran ... tidak akan melakukan beberapa komitmen sukarela," lanjut Zarif.

Sekilas JCPOA

JCPOA atau "Iran nuclear deal", merupakan pakta kesepakatan yang dibentuk pada 2015, antara Iran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB (China, Prancis, Rusia, Inggris, AS) plus Jerman dan Uni Eropa.

Menurut pakta itu, Iran dituntut untuk mengurangi stok uranium (bahan baku pembuat nuklir) hingga 98 persen dan berhenti menjalankan program pengembangan senjata nuklir. Kepatuhan Iran akan ditukar dengan pencabutan sanksi dari para negara penandatangan.

Namun, AS mengundurkan diri dari JCPOA pada 8 Mei 2018, sebuah langkah yang amat disayangkan oleh seluruh penandatangan dan dikecam keras oleh Iran. Usai keluar, Washington pun segera menetapkan sanksi terhadap Negeri Para Mullah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbagai Dugaan Penyebab Meninggalnya Petugas KPPS Pasca Pemilu 2019

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 masih menyisakan satu masalah besar. Soal penyebab meninggalnya banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di seluruh wilayah Indonesia.

Berbagai pihak sudah melakukan studi dan investigasi terkait kejadian ini. Termasuk peneliti dari Universitas Gajah Mada dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Mengutip laman resmi Universitas Gajah Mada ugm.ac.id pada Minggu (12/5/2019), Dr. Abdul Gaffar Karim, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM menyebut ada sejumlah dugaan yang muncul mengenai penyebab kasus ini. Beberapa mengatakan hal itu disengaja untuk mengacaukan Pemilu 2019, sementara pendapat lain menyatakan para petugas jatuh sakit dan meninggal karena depresi akibat tudingan kecurangan.

"Dugaan awal, penyebab kematian tekanan dari elite politik, tapi kami akan pastikan hasil kajian lapangan lebih dulu," kata Gaffar dalam konferensi pers di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

UGM Bentuk Tim Pengkaji

Petugas berjaga saat unjuk rasa ratusan massa di Perempatan Jalan Pahlawan Semarang,  Jumat (10/5). Mereka menuntut kejujuran penghitungan suara KPU pada Pemilu 2019. (Liputan6.com/Gholib)

Dalam focus group discussion yang dilakukan oleh UGM, muncul juga dugaan beban kerja berlebih yang dibebankan kepada petugas Pemilu. Mereka juga melihat indikasi persoalan dalam proses perekrutan petugas KPPS.

"Misalnya tim dokter mengatakan surat keterangan sehat itu sering kali dibuat secara borongan dan tidak didasarkan pada pemeriksaan kesehatan yang memadai," kata Gaffar menambahkan.

UGM sudah membentuk sebuah Kelompok Kerja (Pokja) untuk mengkaji kasus banyaknya petugas Pemilu 2019 yang meninggal dunia. Kelompok ini terdiri dari tiga fakultas yaitu: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan.

Penyebab Meninggal di 15 Provinsi

Siluet wartawan saat mengabadikan rekapitulasi penghitungan suara melalui aplikasi Situng di Kantor KPU, Jakarta, Sabtu (20/4). Menurut KPU, rekapitulasi penghitungan suara resmi Pemilu 2019 tetap dilakukan secara manual. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Kemenkes berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan tenaga kesehatan di daerah untuk melakukan investigasi penyebab kasus ini. Berdasarkan data yang diambil dari laman resmi Kemenkes Sehat Negeriku, saat ini mereka sudah mendapatkan data dari 15 provinsi.

Laporan dinas kesehatan di 15 provinsi menemukan penyebab kematian disebabkan oleh 13 jenis penyakit dan 1 kecelakaan. 13 penyakit tersebut adalah infarct myocard, gagal jantung, koma hepatikum, stroke, respiratory failure, hipertensi emergency, meningitis, sepsis, asma, diabetes melitus, gagal ginjal, TBC, dan kegagalan multi organ. Kebanyakan usia korban meninggal berada di kisaran 50 sampai 59 tahun.

Oscar Primadi, Sekretaris Jenderal Kemenkes mengatakan akan melakukan pertemuan lebih lanjut dengan Komisi Pemilihan Umum guna melihat penjadwalan petugas KPPS.

"Nantinya kita akan bahas bersama KPU untuk perencanaan pemilu mendatang," katanya, di Jakarta, Jumat (10/2).

Pemeriksaan Kesehatan Bukan Hanya Selembar Kertas

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Di sisi lain, Dekan FKKMK UGM, Prof. Ova Emilia mengatakan bahwa dari kejadian ini, perlu disusun SOP (Standar Operasional Prosedur) yang lebih rinci terkait dengan pemeriksaan kesehatan para petugas pemilu.

"Kalau dari sisi kesehatan tentu perlu kita buat SOP dan pelaksanaan yang jelas tentang syarat dan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan itu bukan hanya selembar kertas tetapi harus betul-betul kita cek baik kesehatan fisik maupun mental. Sebab, orang sakit itu ada direct dan indirect."

Berdasarkan data yang masuk di Kemenkes hingga saat artikel ini ditulis menunjukkan jumlah korban meninggal di DKI Jakarta sebanyak 22 jiwa, Jawa Barat 131 jiwa, Jawa Tengah 44 jiwa, Jawa Timur 60 jiwa, Banten 16 jiwa, Bengkulu 7 jiwa, Kepulauan Riau 3 jiwa, Bali 2 jiwa, Kalimantan Selatan 8 jiwa, Kalimantan Tengah 3 jiwa, Kalimantan Timur 7 jiwa, Sulawesi Tenggara 6 jiwa, Gorontalo tidak ada, Kalimantan Selatan 66 jiwa, dan Sulawesi Utara 2 jiwa.

Simak Juga Video menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reaksi Bocah Perfeksionis Saat Melihat Hal Enggak Rapi Ini Malah Bikin Ketawa

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perfeksionisme merupakan sebuah keyakinan bahwa seseorang harus menjadi sempurna untuk mencapai kondisi terbaik pada aspek fisik ataupun non-materi. Sedangkan untuk perfeksionis adalah orang yang memiliki pandangan perfeksionisme.

Orang yang perfeksionis identik dengan memiliki keinginan segalanya bisa serba sempurna. Saat melakukan sesuatu, tak boleh ada salah atau gagal. Menjadi orang yang perfeksionis ada plus minusnya. Plusnya kita jadi bisa memastikan semua berjalan dengan baik. Cuma minusnya adalah kadang kita jadi gampang stres kalau ada sesuatu yang berjalan tak sesuai dengan rencana atau keinginan.

Menjadi seorang perfeksionis tidak selalu buruk, namun kamu tetap harus menjalani hidup dengan seimbang. Karena bagaimana pun, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kamu memang harus selalu berusaha untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, namun bukan berarti kamu harus menjadi begitu terobsesi untuk meraihnya.

Perfeksionis ini bisa datang tidaklah harus memandang usia. Bisa saja sikap perfeksionisme itu sudah mulai tumbuh sejak kecil. Seperti reaksi yang dilakukan oleh seorang bocah perfeksionis saat menonton hal yang gak sempurna di YouTube yang bikin ngakak. Berikut Liputan6.com rangkum reaksi bocah perfeksionis saat melihat enggak rapi ini malah bikin ketawa, Minggu (12/5/2019).

Si bocah sampai gemas dan marah

Orang perfeksionis merupakan orang yang menerapkan standar garis keras terhadap dirinya sendiri agar dapat dipandang sempurna oleh orang lain. Hal ini biasanya dilandasi oleh ketakutan terhadap ketidakamanan, ketidakpastian, dan ketidaksempurnaan.

Seperti yang dilakukan oleh bocah Korea bernama Jin-hyeok ini yang melakukan reaksi saat melihat hal yang enggak sempurna. Bocah ini nampak geregetan, gemes dan marah-marah saat melihat hal yang seharusnya rapi atau benar malah sering salah. Tak ayal reaksi bocah ini terlihat gemes sampai menggigil melihat hal yang gak rapi atau sempurna ditanyangan YouTube-nya.

Malah bikin ngakak

Namun, berbeda dengan pandangan netizen. Reaksi bocah Korea yang perfeksionis saat menonton hal gak rapi ini malah bikin ngakak orang yang menontonya. Bagaimana tidak, ekspresi ia marah-marah saat mellihat hal yang gak rapi seperti memotong kue dan menggaris itu malah bikin ketawa warganet yang menontonya. Tonton versi lengkapnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Panas, Perebutan Posisi Empat Menuju Liga Champions

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Klasemen Liga Spanyol sudah menemukan sang juara yaitu Barcelona. Barcelona sudah memastikan gelar juara Liga Spanyol usai kalahkan Levante 1-0.

Kini persaingan untuk meraih posisi empat di klasemen Liga Spanyol justru lebih seru. Getafe yang ada di peringkat empat kini berada di pole positions. 

Namun Getafe masih mungkin untuk disusul Valencia dan Sevilla jika tergelincir di dua laga terakhir. Salah satu laga yang harus dijalani yaitu melawan "La Campeones" Barcelona malam nanti.

Getafe saat ini masih nyaman dengan keunggulan tiga poin dari dua rivalnya Valencia dan Sevilla. Kalau bisa memetik kemenangan atau setidaknya imbang, klub asal Madrid itu diyakini bisa amankan posisi empat klasemen Liga Spanyol.

Klasemen Liga Spanyol juga sulit berubah untuk posisi dua dan tiga. Atletico Madrid yang berada di posisi dua dan Madrid ketiga nyaman dengan posisi masing-masing.

Klasemen Liga Spanyol

Para pemain Barcelona meninggalkan lapangan setelah kalah atas Liverpool pada akhir laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19 di Anfield, Selasa (7/5/2019). Barcelona menelan kekalahan mengejutkan ketika melawat ke markas Liverpool dengan skor 0-4 (agregat 3-4). (AP/Dave Thompson)

 

Jadwal Liga Spanyol

Minggu, 12 Mei 2019

23:30 WIB Athletic Club vs Celta de Vigo

23:30 WIB Atletico Madrid vs Sevilla

23:30 WIB Barcelona vs Getafe

23:30 WIB Real Betis vs Huesca

23:30 WIB Girona vs Levante

23:30 WIB Rayo Vallecano vs Real Valladolid

23:30 WIB Valencia vs Deportivo Alaves

23:30 WIB Villarreal vs Eibar

23:30 WIB Leganes vs Espanyol

23:30 WIB Real Sociedad vs Real Madrid

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabur Lompat Tembok Rutan Siak, Kaki Tahanan Patah

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Siak - Ratusan tahanan dan narapidana memanfaatkan kerusuhan dan pembakaran Rutan Siak, Riau, untuk kabur. Sebagian berhasil kabur, saat ini ada 31 tahanan masih dicari.

Tapi ada juga tahanan yang gagal kabur meski sudah melewati tembok. Adalah Mulyadi, tahanan kasus narkoba yang berhasil memanjat tembok saat kerusuhan di Rutan Siak terjadi.

Namun dirinya tidak bisa bergerak lagi karena kakinya patah begitu menginjak tanah sisi luar tembok Rutan Siak.

Kaki Mulyadi patah karena terbentur keras akibat jatuh ketika menuruni tembok. Dia hanya bisa melihat puluhan tahanan lainnya berlarian ke arah hutan untuk menghindari kejaran petugas.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak dr Raja Toni Candra, tahanan itu sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Alfian. Mulyadi pun dirawat inap.

"Pengakuannya untuk menyelamatkan diri dari kobaran api, jadi jatuh ketika memanjat tembok," ucap Toni, Sabtu (11/5/2019).

Toni menduga tahanan yang berhasil kabur juga mengalami luka ketika memanjat tembok. Hanya saja kemungkinan tahanan lain mengalami patah kaki seperti Mulyadi, sangat kecil.

"Kalau luka-luka mungkin ada karena tidak bisa lari kalau kakinya patah," terang Toni.

Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Siak masih menyediakan ambulance di Rutan Siak. Hal ini sebagai antisipasi jika ada tahanan kabur tertangkap dan perlu perawatan medis.

238 Napi dan Tahanan Dipindah

Kondisi terkini Rutan Siak, Riau, setelah dibakar oleh ratusan tahanan. (Liputan6.com/M Syukur)

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Sri Puguh Budi Utami menyebut sudah ada 238 narapidana dipindah ke tiga lokasi.

Tiga lokasi itu adalah Rutan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, lalu Cabang Rutan Anak dan Perempuan Kecamatan Rumbai dan Lapas Bangkinang, Kabupaten Kampar.

"75 ke Rutan Sialang Bungkuk, 75 lagi ke Cabang Rutan Anak Rumbai dan 88 narapidana ke Lapas Bangkinang," sebut Sri Puguh.

Menurut Sri Puguh, semua tahanan di Rutan Siak akan dipindahkan karena sebagian besar gedung di sana tak bisa dipakai lagi karena terbakar.

Selain Pekanbaru dan Bangkinang, tujuan pemindahan berikutnya adalah Rengat dan Bengkalis.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menunggu Persalinan Sarwendah, Ruben Onsu Sekolahkan Sang Anak di Singapura

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ruben Onsu telah menyiapkan segala kebutuhan Sarwendah selama berada di Singapura untuk persiapan persalinan. Baik itu tempat tinggal, rumah sakit, sampai dengan makanan yang akan disantap setiap harinya.

Tak hanya itu, Ruben Onsu juga telah lupa menyiapkan kebutuhan anaknya terutama pendidikan selama beberapa bulan di Singapura, sambil menunggu proses persalinan Sarwendah.

"Walaupun liburan Wenda maunya Thalia tetap sekolah setiap harinya," ujar Ruben Onsu saat ditemui di kawasan Kapten P Tendean belum lama ini.

Dekat Rumah

Ruben Onsu-Sarwendah dan Thalia di rumah mereka. (dok.Instagram @sarwendah29/https://www.instagram.com/p/BoajhZ8n9Bk/Henry

Ruben Onsu dan Sarwendah sepakat menyekolahkan anaknya selama di Singapura, lantaran‎ tempat tinggalnya di sana tak jauh dari sekolah. Selain itu, hal ini membuat Thalia Putri Onsu tidak jenuh selama berada di Singapura.

"Jadi memang enggak jauh dari rumah, tinggal jalan kaki sampai," kata Ruben.

Mainan

(Muhammad Akrom Sukarya/KapanLagi.com)

‎Untuk mainan, Ruben Onsu Sudah menyiapkan satu koper besar khusus mainan anaknya. Ini agar nantinya sang anak tidak meminta dibelikan mainan baru.

"Mainan sudah ada semuanya. Aku mau di sana enggak beli mainan lagi, nanti butuh koper lagi dan bagasi pulang. Jadi semua sudah disiapkan buat Thalia," kata Ruben Onsu.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Memohon Rezeki Halal

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kumpulan Doa Ramadan kali ini berisi tentang doa memohon rezeki yang halal kepada Allah SWT. Yuk kita baca bersama!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coba 6 Ide Ngabuburit yang Sehat dan Seru untuk Akhir Pekan

Posted: 11 May 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hari-hari biasa melewatkan begitu saja waktu ngabuburit karena bekerja atau kuliah. Namun, di akhir pekan, kadang waktu berbuka puasa terasa lebih lama. Namun, ada beragam pilihan yang bisa dilakukan sambil menunggu azan Magrib tiba.

Daripada hanya tidur-tiduran saat ngabuburit, lebih baik lakukan aktivitas sehat dan bermanfaat. Banyak aktivitas yang tak terlalu menguras keringat dan santai dilakukan sambil menunggu waktu berbuka.

Ini enam ide yang mungkin salah satunya bisa Anda lakukan sore ini.

1. Berolahraga

Ngabuburit sambil berolahraga? Tentu saja bisa! Ya, waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan puasa adalah menjelang waktu berbuka. Namun, jika merasa sangat lemas di waktu tersebut, Anda dapat berolahraga setelah waktu berbuka tiba. Namun, jika memutuskan untuk berolahraga setelah berbuka, Anda dianjurkan untuk memberikan jeda 1–2 jam setelah makan.

Untuk jenis olahraganya, Anda bisa memilih olahraga intensitas ringan seperti joging, berjalan kaki atau yoga.

2. Membaca

Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences, membaca buku dapat menurunkan risiko Alzheimer pada orang yang sudah lansia.

Nah, di bulan puasa ini, sesuai dengan tuntunan agama, Anda bisa memperbanyak membaca kitab suci Alquran. Sebuah studi yang dilakukan oleh Mazandaran University of Medical Sciences, Iran, dan dipublikasikan di Journal of Nursing Education and Practice menemukan bahwa membaca Alquran terbukti efektif menurunkan tingkat stres, kecemasan dan risiko depresi. Selain dapat menambah pahala di bulan puasa, membaca Alquran juga dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

3. Berkebun

Berkebun bisa menjadi salah satu cara ngabuburit yang sehat, karena dapat menangkal stres dan membakar sejumlah kalori dari dalam tubuh.

Salah satu aktivitas berkebun yang bisa Anda coba adalah memotong rumput halaman rumah sendiri. Memotong rumput selama 1 jam dapat membakar 324 kalori dari dalam tubuh, lho!

4. Memasak Makanan Sehat

makanan sehat (sumber: iStockphoto)

Kolak, es campur, gorengan merupakan sebagian dari menu yang wajib ada saat waktu berbuka puasa tiba. Nah, agar menu tersebut tersaji secara sehat dan higienis, cobalah untuk memasaknya sendiri di rumah.

Sebelum mengolah menu tersebut, Anda dianjurkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terlebih dahulu. Pastikan peralatan masak yang digunakan juga dalam keadaan bersih.

Kemudian, saat mengolah kolak atau es campur, pastikan Anda tidak menuangkan gula terlalu banyak ke dalamnya. Begitu pula saat memproses gorengan. Hindari menggoreng dengan menggunakan minyak terlalu banyak.

 

5. Spa

Menghabiskan waktu di spa memang dapat membuat Anda menjadi relaks, nyaman, dan ketegangan otot berkurang. Terlebih, bila ditambah dengan wangi aromaterapi yang menenangkan. Tak hanya itu, pijatan atau refleksi saat berada di spa juga bisa membuat tidur Anda lebih nyenyak dan nyaman.

Menghabiskan waktu di spa selama beberapa jam memang bisa menjadi pilihan aktivitas ngabuburit di bulan puasa.

6. Bersilaturahmi

Prilly bersilaturahmi dengan om dan tante serta sepupu dan keponakannya yang masih kecil-kecil. (Adrian Putra/Bintang.com)

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga dan kerabat. Bertemu teman semasa kecil sambil bercerita dan bersenda gurau bisa menjadi salah satu aktivitas pilihan ngabuburit yang sehat.

Itu karena memiliki teman akrab dapat berdampak baik untuk kesehatan Anda. Selain dapat mengusir kesepian dan depresi, memiliki teman atau kerabat yang akrab juga bisa meningkatkan kebahagiaan, mengurangi stres, serta meningkatkan rasa percaya diri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: KAHMI Harus Menjadi Garda Terdepan Penjaga Persatuan Bangsa

Posted: 11 May 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan karakter Islam di Indonesia yang moderat harus terus diteguhkan. Tak hanya itu, gerakan moral intelektual yang didasarkan atas ajaran Islam bagi bangsa Indonesia harus tetap menjadi bagian dari spirit kesadaran sosial dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Bukan justru menambah permasalahan baru yang bisa menyulut api permusuhan.

"Mahasiswa Islam sebagai kaum intelektualitas punya tanggungjawab besar untuk tidak hanya berperan sebagai agent of change saja. Melainkan juga sebagai penjaga api semangat keindonesiaan di satu sisi, dan semangat keislaman di sisi yang lain. Saat tidak lagi menyandang status mahasiswa, tanggung jawab tersebut tak lantas padam begitu saja. Melainkan harus tetap dipelihara agar tetap menyala," ujar Bamsoet saat menghadiri buka puasa bersama Korps Alumni Himpunan Mahasiwa Islam Indonesia (KAHMI), di Jakarta, Sabtu (11/05/19).

Selain Bamsoet yang merupakan Dewan Pakar KAHMI, turut hadir sejumlah tokoh KAHMI lainnya seperti Akbar Tandjung, Hamdan Zoelva, Harry Azhar Azis, Abdul Latif, Rohmi Dahuri dan Anwar Nasution.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini mengajak para anggota KAHMI tak melupakan nilai-nilai perjuangan yang telah mereka dapatkan selama berorganisasi di HMI. Islam dan Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah hal yang perlu dipertentangkan. Melainkan menjadi kekuatan utama bagi bangsa Indonesia.

"Saat kuliah dahulu, saat berada di HMI, kita semua selalu mengecam ketidakadilan. Jangan sampai sekarang saat berada di KAHMI dan telah menjadi orang besar, justru kita menjadi sumber ketidakadilan itu sendiri. KAHMI telah banyak mengantarkan anggotanya menjadi tokoh penting di republik ini. Mari bertanggungjawab terhadap jabatan yang telah diamanahkan," tutur Bamsoet.

Tak lupa, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menyoroti semakin dekatnya rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jangan sampai KAHMI menjadi korban politik dari para elite politik yang ingin memancing keributan, apalagi jika sampai mengatasnamakan agama Islam.

"Tak bisa dipungkiri, kader KAHMI tersebar di berbagai partai politik dan kelompok lainnya. KAHMI justru harus berdiri paling depan menjaga bangsa Indonesia dari perpecahan. Apalagi perpecahan yang menjual agama demi ambisi sejumput kekuasaan," pungkas Bamsoet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

250 Kg Sabu dan Ribuan Ekstasi Disita BNN di Bekasi

Posted: 11 May 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Sebanyak 250 kilogram narkotika jenis sabu, ribuan ekstasi dan pil happy five disita dalam penggerebekan yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) di sebuah rumah di Jalan Lapangan, Kelurahan Kranji, Bekasi Barat, Jawa Barat, Minggu (12/5/2019) dini hari. Rumah itu dijadikan gudang penyimpanan narkoba oleh pelaku.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan, pihaknya menangkap dua orang masing-masing ZUL dan FAR dalam penggerebekan tersebut.

"Ada dua orang tersangka yang bertindak selaku kurir dan yang bersangkutan adalah penjaga gudang, satu lagi merangkap kurir, dan sekaligus pengedar, orang yang mendistribusikan ke para pemesan yang memerlukan," kata Arman di Bekasi, Minggu, seperti dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, ada dua gudang yang digerebek dalam satu rangkaian kasus. Pertama, BNN menggerebek rumah di Tambun, Kabupaten Bekasi, dimana didapati 100 kantong sabu, kemudian hasil pengembangan digerebek lagi di Kranji dan ditemukan 80 kantong.

"Jumlah barang bukti yang disita sabu kurang lebih 200 kilogram, karena kita belum timbang secara pasti namun dari bungkus yang kita hitung kira-kira jumlahnya segitu, kemudian ekstasi 25 ribu butir dan happy five 4.000. Ini juga belum pasti karena masih hitung bungkus besarnya," ujar Arman.

Menurut dia, narkoba tersebut didatangkan langsung dari Pulau Sumatera. "Narkoba dibawa dari Sumatera, tepatnya dari Provinsi Riau," lanjut dia.

 

Diduga dari Malaysia

Petugas BNN merapikan barang bukti narkoba saat akan dimusnahkan di Kantor BNN, Jakarta, Jumat (10/5/2019). BNN memusnahkan sebanyak 169,68 kilogram sabu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

BNN menduga barang haram siap edar yang dikirim dari Provinsi Riau itu berasal dari Malaysia.

"Kemungkinan besar berasal dari Malaysia yang diseberangkan melalui jalur laut serta darat dengan menggunakan truk tronton dicampur dengan kelapa untuk menyamarkan narkoba sekaligus mengelabui petugas," ujar Arman.

Ia mengaku telah melakukan pengintaian sejak Sabtu 11 Mei kemarin sebelum akhirnya melakukan penggerebekan di Tambun pada Sabtu pukul 20.00 WIB. Dan setelah melakukan pengembangan, petugas BNN kemudian melakukan penggerebekan di Kranji pada Minggu pukul 01.00 WIB.

"Dari Tambun kita kembangkan dan menemukan gudang narkoba di Kranji ini," tandas Arman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Burnley vs Arsenal: Tidak Ingin Tergelincir

Posted: 11 May 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Burnley - Arsenal akan bertandang ke markas Burnley, Turf Moor, pada laga pekan ke-38 Liga Inggris, Minggu (12/5/2019). Meski sudah dipastikan tidak bisa menembus posisi empat besar, The Gunners berniat memberikan penghormatan kepada suporter dengan menutup musim dengan hasil positif.

Arsenal tidak memiliki catatan yang menggembirakan di laga tandang pada musim 2018-19. The Gunners hanya mencatatkan enam kemenangan dari 18 pertandingan tandang yang sudah dijalani.

Hal itu membuka peluang bagi Burnley untuk meraih hasil positif pada laga nanti. Namun, Arsenal sedang berada dalam mental positif setelah melaju ke final Liga Europa.

Arsenal tak ingin posisinya di klasemen kembali turun karena hanya berselisih satu poin dari Manchester United. Saat ini, posisi terbaik yang bisa diamankan Arsenal adalah posisi kelima.

Pada laga nanti, Arsenal kemungkinan besar akan menurunkan skuat terbaiknya, seperti ketika mengalahkan Valencia di Mestalla. Lini depan masih mengandalkan duet Pierre-Emerick Aubameyang dan Alexandre Lacazette.

Perubahan yang akan dilakukan Unai Emery berada di lini tengah. Matteo Guendouzi berpeluang menjadi starter pada laga nanti, untuk menggantikan posisi Lucas Torreira.

Arsenal wajib mewaspadai Chris Wood yang berada di lini depan Burnley. Wood kerap membuat repot lini pertahanan lawan dan membuka ruang untuk rekan-rekannya.

 

Data dan Fakta

Alexandre Lacazette dan Pierre-Emerick Aubameyang. (AFP/Glyn Kirk)

Prakiraan Susunan Pemain

Burnley: Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Jeff Hendrick, Ashley Westwood, Jack Cork, Dwight McNeil; Ashley Burns, Chris Wood

Manajer: Sean Dyche

Arsenal: Bernd Leno; Shkodran Mustafi, Sokratis Papastathopoulos, Nacho Monreal; Aisley Maitland-Niles, Matteo Guendouzi, Granit Xhaka, Sead Kolasinac; Mesut Ozil; Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette

Manajer: Unai Emery

Lima pertemuan terakhir

  • 02/10/2016 Burnley 0-1 Arsenal (Premier League)
  • 22/01/2017 Arsenal 2-1 Burnley (Premier League)
  • 26/11/2017 Burnley 0-1 Arsenal (Premier League)
  • 06/05/2018 Arsenal 5-0 Burnley (Premier League)
  • 22/12/2018 Arsenal 3-1 Burnley (Premier League)

Lima laga terakhir Burnley

  • 06/04/2019 Bournemouth 1-3 Burnley (Premier League)
  • 13/04/2019 Burnley 2-0 Cardiff City (Premier League)
  • 23/04/2019 Chelsea 2-2 Burnley (Premier League)
  • 28/04/2019 Burnley 0-1 Manchester City (Premier League)
  • 04/05/2019 Everton 2-0 Burnley (Premier League)

Lima laga terakhir Arsenal

  • 25/04/2019 Wolverhampton Wanderers 3-1 Arsenal (Premier League)
  • 28/04/2019 Leicester City 3-0 Arsenal (Premier League)
  • 03/05/2019 Arsenal 3-1 Valencia (Liga Europa)
  • 05/05/2019 Arsenal 1-1 Brighton (Premier League)
  • 10/05/2019 Valencia 2-4 Arsenal (Liga Europa)

Prediksi Bola.com

Burnley 45-55 Arsenal

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Kebakaran Kampung Bandan Belum Dapat Bantuan

Posted: 11 May 2019 08:51 PM PDT

Fokus, Jakarta - Permukiman padat penduduk Kampung Bandan di Kelurahan Ancol, Jakarta Utara, kini rata dengan tanah. Bahkan nyaris tidak ada yang tersisa.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (12/5/2019), pagi tadi korban kebakaran berusaha mengais sisa harta benda yang masih bisa digunakan. Perlengkapan dapur seperti kompor, panci, dan tabung gas dikumpulkan warga untuk kemudian diuangkan agar bisa membeli makanan.

Kebakaran memaksa lebih sekitar 3.500 warga di tiga RT mengungsi. Mereka tinggal di emperan terbuka ruko Grand Butik Center. Musibah ini juga membuat puasa mereka terganggu.

Kebakaran juga dipastikan mengganggu aktivitas sekolah anak-anak. Tidak ada seragam dan buku yang bisa terselamatkan.

Para korban kini sangat membutuhkan pakaian dan makanan. Mereka mengaku belum mendapat bantuan.

Kebakaran meluluhlantakan 450 bangunan semi permanen yang tersebar di tiga RT di permukiman padat Kampung Bandan, Sabtu petang. Api juga merembet ke sejumlah ruko yang berdempetan dengan permukiman.

Api bersumber dari salah satu rumah warga di RT 012. Warga tidak mampu mencegah api yang merembet lantaran bangunan terbuat dari bahan mudah terbakar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Makassar Targetkan Rekapitulasi Suara Rampung Hari Ini

Posted: 11 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menargetkan rekapitulasi penghitungan suara di tingkatan PPK pada dua kecamatan yang masih tersisa, selesai hari ini, Minggu (12/5/2019).

"Mudah-mudahan salinan penghitungan hasil rekapitulasi dari dokumen DA1 tingkat kelurahan ke D1 tingkat kecamatan bisa rampung di dua kecamatan tersisa yakni Kecamatan Panakukang dan Tamalate," ujar Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar di Hotel Asia Makassar, Minggu, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, keterlambatan dua kecamatan tersebut disebabkan belum dipindahkan data DA1 ke D1 termasuk petugas PPS, PPK, dan saksi-saksi belum sempat menandatangani sebagian dokumen itu mengingat lembarannya cukup banyak.

Kendati demikian, untuk Kecamatan Panakukang diperkirakan siang ini dirampungkan. Sedangkan Tamalate, bila belum rampung, akan ditarik atau diambil alih KPU Makassar guna mempercepat rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan itu.

Selain itu, ada kemungkinan pihaknya akan meminta waktu tambahan ke KPU Sulsel untuk menyerahkan seluruh hasil rekapitulasi 15 kecamatan setelah dilakukan rapat pleno akhir perolehan suara calon presiden, DPD, dan kursi DPRD provinsi serta kabupaten kota pada Senin 13 Mei 2019.

"Dalam aturan ada seperti itu (ambil alih) apabila Kecamatan Tamalate belum menyelesaikan penghitungannya. Kita akan hitung di hotel ini dan disiapkan ruangan khusus, selanjutnya menetapkan perolehan suara peserta pemilu tiap kecamatan sembari menunggu hasil dari Kecamatan Tamalate," ungkap dia.

Dari 15 kecamatan masih tersisa dua kecamatan itu belum menyerahkan hasil penghitungan suara. Padahal, KPU Makassar telah menjadwalkan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penghitungan untuk Kecamatan Panakkukang, Sabtu 11 Mei malam, hingga akhirnya diskors dan kembali dimulai Minggu pukul 09.00 WITA di Hotel Asia.

 

Rekapitulasi Dimulai 8 Mei Lalu

Suasana rekapitulasi penghitungan suara akhir pemilu luar negeri RI di Belgia pada Rabu 17 April 2019 (kredit: PPLN Brussels)

Sebelumnya, Komisioner KPU Makassar Endang Sari saat membuka skors sidang rapat pleno Sabtu (11/5) malam mengatakan, di Kecamatan Panakkukang masih ada dua kelurahan sedang menyelesaikan tahap plenonya. Sedangkan di Kecamatan Tamalate tersisa empat TPS di satu kelurahan juga menyelesaikan tahap pleno penghitungan suaranya.

"Untuk Kecamatan Tamalate, di Kelurahan Ballang Baru masih berproses, mudah-mudahan semuanya bisa rampung sesuai waktu yang ditetapkan," katanya.

Sementara untuk rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Provinsi Sulawesi Selatan juga sedang berlangsung rapat pleno terbuka di Hotel Harper Jalan Perintis Makassar, yang dimulai 8 Mei 2019.

Hingga saat ini sebanyak 22 kabupaten/kota dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulsel telah menyerahkan hasil rekapitulasinya. Tinggal tersisa dua kabupaten/kota, yakni Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Laga Penentuan City dan Liverpool

Posted: 11 May 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Besok, Minggu, 12 Mei 2019, juara Liga Inggris musim ini bakal ditentukan. Tersisa dua tim yang berpeluang menjadi juara Liga Inggris, Manchester City dan Liverpool.

Di pekan terakhir Liga Inggris ini, Manchester City dan Liverpool wajib menang untuk mengukuhkan diri sebagai pemenang.

Saat ini Manchester City memuncaki klasemen Liga Inggris. Mereka mengoleksi 95 poin dari 37 laga. Berada di puncak klasemen membuat pasukan Pep Guardiola lebih diunggulkan.

Sementara posisi kedua dikuasai oleh Liverpool. The Reds, sebutan Liverpool, hanya berselisih satu poin dengan Manchester City.

Itu sebabnya peluang kedua tim untuk juara masih sangat terbuka. Meskipun City punya peluang yang lebih besar ketimbang Liverpool.

Di laga terakhir Liga Inggris, City akan menantang tuan rumah Brighton. Sementara Liverpool akan menantang Wolverhampton di Anfield.

Pekan ke-38 Liga Inggris akan digelar serentak pada pukul 21.00 WIB. Berikut jadwal Liga Inggris pekan terakhir:

 

Jadwal Liga Inggris

Minggu (12/5/2019)

21.00 WIB

Brighton Vs Manchester City (Bein Sports)

Burnley Vs Arsenal

Crystal Palace Vs Bournemouth

Fulham Vs Newcastle

Leicester Vs Chelsea

Jadwal Liga Inggris

Logo Liga Inggris

Liverpool Vs Wolverhampton  (Bein Sports)

MU Vs Cardiff (Bein Sports)

Southampton Vs Huddersfield

Tottenham Vs Everton

Watford Vs West Ham

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Pembentukan Holding dan Super Holding BUMN Perlu Untuk Tingkatkan Kinerja BUMN

Posted: 11 May 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menginginkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pioneer dalam pembangunan dan perekonomian nasional tidak henti melakukan terobosan guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaannya. Sehingga total aset BUMN yang sampai 31 Desember 2018 mencapai Rp 8.092 triliun bisa ditingkatkan menembus Rp 10.000 triliun lebih.

"Tren peningkatan aset BUMN sudah cukup bagus. Di tahun 2017 mencapai Rp 7.210 triliun dan di 2018 mencapai Rp 8.092 triliun. Namun demikian, DPR RI melalui Komisi VI dan XI sebagai mitra kerja BUMN mendorong BUMN tidak berpuas diri atas peningkatan nilai aset tersebut. Masih ada pekerjaan rumah penting yang perlu dilakukan untuk menembus nilai aset mencapai Rp 10.000 triliun, salah satunya dengan membentuk holding dan super holding," tutur Bamsoet saat menjadi keynote speaker pada acara Teropong BUMN Award 2019 di Jakarta, Jumat (10/05/19).

Khusus mengenai isu Holding dan Super Holding ini, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini mengingatkan bahwa kedua hal tersebut adalah isu lama sejak berbagai pemerintahan di masa lampau yang belum juga terealisasi. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Presiden Joko Widodo yang memasuki tahun kedua pemerintahan.

"Sebelum melaksanakan perubahan besar ini, pemerintah hendaknya terlebih dahulu mengkaji dampak positif dan negatifnya secara seksama. Sisi positif pembentukan holding dan super holding diantaranya akan memperkuat struktur permodalan, meningkatkan daya saing BUMN, menciptakan sinergi BUMN serta meningkatkan efisiensi operasi perusahaan," tutur Bamsoet.

Namun demikian, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini menambahkan, potensi risiko yang mungkin muncul juga perlu diwaspadai seperti ketidaktepatan sektor usaha entitas yang digabungkan serta menurunnya daya saing perusahaan yang sesungguhnya merupakan faktor pendorong kinerja entitas.

"Jangan sampai pembentukan super holding ini malah memperburuk kondisi yang ada saat ini. Karena penggabungan usaha ini sesungguhnya bukanlah sekedar masalah konsolidasi laporan keuangan," tandas Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini juga mengingatkan, seiring berkembangnya tuntutan akan keterbukaan, keadilan dan akuntabilitas dalam dunia usaha di era globalisasi dan digitalisasi ini, BUMN semakin dituntut untuk menerapkan prinsip-prinsip transparancy, accountability, responsibility serta fairness dalam sistem tata kelolanya.

"Selain DPR RI, banyak pihak yang berkepentingan untuk mengawasi pengelolaannya. Tidak hanya pemerintah tetapi juga masyarakat. Salah satu instrumen yang saat ini dianggap paling efektif dalam melaksanakan pengawasan oleh masyarakat ini adalah media massa. Melalui fungsi informasinya media massa menyebarkan informasi kepada masyarakat," terang Bamsoet.

Karenanya, Dewan Pakar KAHMI ini mengapresiasi even Teropong BUMN Award yang telah dua kali diselenggarakan Teropong Senayan, sebagai upaya media dalam menjalankan fungsi pengawasannya. Selain itu, even ini juga merupakan wujud dari upaya Teropong Senayan dalam membangun relasi yang positif dengan badan usaha milik negara.

"Selamat kepada yang terpilih menerima penghargaan dari 9 kategori. Dengan adanya even semacam ini kami harapkan BUMN akan lebih terpacu untuk meningkatkan kinerjanya yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja perekonomian nasional," pungkas Bamsoet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyesuaian Tarif Tol Bandara Soetta Mulai Berlaku Hari Ini

Posted: 11 May 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyesuaian tarif Tol Sedyatmo atau sering disebut tol Bandara Soekarno- Hatta (Soetta) berlaku mulai hari ini, 12 Mei 2019, pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 121/KPTS/M/2019 tanggal 6 Februari 2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol Sedyatmo.

"Iya (mulai berlaku hari ini)," ujar Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu (12/5/2019).

Dia mengungkapkan, ruas tol Sedyatmo terakhir kali mengalami penyesuaian tarif pada 2016 lalu. ‎Sementara dalam penyesuaian ini, ada golongan kendaraan yang mengalami kenaikan tarif, penurunan tarif dan ada juga yang tidak mengalami perubahan.

Kenaikan tarif terjadi untuk kendaraan golongan I (kendaraan pribadi) dan golongan II. Sedangkan yang mengalami penurunan tarif yaitu untuk kendaraan golongan IV dan golongan V.

‎"Penurunan sangat signifikan pada tarif angkutan logistik, terutama pada tarif Gol. V dan Gol. V, merupakan keuntungan yang juga akan dinikmati masyarakat. Ini menjadi insentif bagi kegiatan produktif di Kawasan Bandara yang sudah tumbuh berkembang menjadi simpul ekonomi wilayah bahkan menjadi kawasan sentra primer bagi Tangerang yang sangat membutuhkan efisiensi waktu, biaya dan jarak," jelas dia.

 

Penghubung Jakarta dan Bandara Soetta

Suasana arus lalu lintas di sepanjang ruas jalan tol Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Rabu (24/12). Meningkatnya penumpang pada Natal dan Tahun Baru tahun ini membuat kemacetan di Terminal 1 dan 2. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Jalan Tol Sedyatmo sepanjang 14.30 Km ini merupakan ruas tol yang menghubungkan DKI Jakarta dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Ruas tol ini melintasi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kota Tangerang.

Menurut Irra, Jasa Marga terus melakukan perbaikan guna peningkatan pelayanan kepada pengguna Ruas Jalan Tol Sedyatmo, antara lain mengoperasikan 64 gardu tol, empat titik top-up tunai, dan 18 mobile reader untuk meningkatkan kapasitas layanan transaksi serta mengurangi kepadatan di gerbang tol.

"Jasa Marga juga telah melakukan re-allignment serta pelebaran KM 28-30 dan penambahan lajur di Simpang Susun Penjaringan. Perbaikan saluran drainase juga dilakukan sebagai upaya penanganan banjir. Pun, peningkatan kualitas visual dengan lansekap yang lebih baik," tandas dia.

 

Rincian Tarif

Berikut daftar besaran tarif pada Ruas Jalan Tol Sedyatmo per 12 Mei 2019, pukul 00.00 WIB:

- Gol I: Rp 7.500, naik dari sebelumnya Rp 7.000

- Gol II: Rp 10.000, naik dari sebelumnya Rp 8.500‎

- Gol III: Rp 10.000, masih tetap dengan sebelumnya Rp 10.000‎

- Gol IV: Rp 11.000, turun dari sebelumnya Rp 12.500‎

- Gol V: Rp 11.000, turun dari sebelumnya Rp 15.000.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo-Sandiaga Unggul di 11 Daerah Riau

Posted: 11 May 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Calon Presiden Nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dalam perolehan suara di 11 dari 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau.

Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau belum bisa mengumumkan hasil final perolehan suara Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 sesuai jadwal, karena masih ada satu daerah yang belum merampungkan pleno, yakni Kabupaten Bengkalis.

"Penetapan rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat Provinsi Riau belum dapat dilaksanakan mengingat KPU kabupaten Bengkalis belum selesai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kabupaten. Persoalan yang dihadapi Bengkalis adalah belum selesainya Rekapitulasi penghitungan perolehan suara di tingkat kecamatan," kata Komisioner KPU Riau Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, seperti dilansir Antara, Minggu (12/5/2019).

Pasangan calon presiden (Capres) Jokowi-Amin di Kota Pekanbaru, Ibu Kota Provinsi Riau meraih 126.247 suara, dan Prabowo-Sandiaga dengan 352.417 suara. Selain itu, Jokowi-Amin kalah di Kabupaten Kampar, karena hanya meraih 123.274 suara, sedangkan Prabowo 284.082.

Calon presiden petahana juga kalah di Kota Dumai. Di Dumai Jokowi-Amin meraih 66.334 suara, sedangkan Prabowo-Sandi 92.373 suara. Di Kabupaten Rokan Hilir, Jokowi-Amin meraih 148.215 suara, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 165.639 suara.

4 Kabupaten Lain

Capres 02 Prabowo Subianto tiba di acara Syukuran dan Munajat Kemenangan Prabowo-Sandi di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta, Rabu (24/4). Syukuran dan Munajat Kemenangan Prabowo-Sandi dihadiri Amien Rais dan Djoko Santoso. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Di Kabupaten Kuantan Singingi Jokowi-Amin meraih 61.226 suara, sedangkan Prabowo-Sandi unggul dengan meraih 126.434 suara. Selanjutnya, di Indragiri Hulu, Jokowi meraih 100.569 suara, terpaut puluhan ribu suara dengan perolehan suara Prabowo-Sandi dengan total 134.386 suara.

Di Indragiri Hilir, Jokowi-Amin meraih 134.433 suara sedangkan Prabowo-Sandi mendapat 202.862 suara.

Di Rokan Hulu, Jokowi-Amin meraih 112.839 suara sementara Prabowo-Sandi unggul dengan 160.064 suara. Di Kepulauan Meranti, Jokowi-Amin kalah tipis dengan berhasil meraih 49.625 suara, sedangkan Prabowo Sandi meraih 54.227.

Kemudian di Kabupaten Pelalawan, Jokowi meraih suara 83.716 suara, sedangkan Prabowo 97.660 suara. Sementara itu, di Kabupaten Siak Jokowi-Amin meraih 104.975, sedangkan Prabowo-Sandiaga meraih 125.489 suara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Leicester City vs Chelsea: Tutup Musim dengan Sempurna

Posted: 11 May 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Leicester - Chelsea akan menghadapi tuan rumah Leicester City pada laga pekan terakhir Liga Inggris 2018-2019 di King Power Stadium, Minggu (12/5/2019). Laga ini menjadi momentum buat The Blues untuk menutup musim dengan sempurna.

Chelsea mengalami inkonsistensi permainan sepanjang Premier League 2018-2019. Hal itulah yang membuat klub asal London Barat kesulitan bersaing gelar musim ini.

Sejauh ini, Chelsea telah meraih 21 kemenangan, delapan kali imbang, dan delapan kali kalah. Cesar Azpilicueta dkk berhasil mengemas 71 poin, unggul satu angka dari Tottenham Hotspur yang berada di batas akhir zona Liga Champions.

Manajer Maurizio Sarri sadar laga ini tak terlalu penting buat timnya yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Sarri menilai, para pemain telah melalui musim yang sangat panjang baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

Selain laga terakhir melawan Leicester City, Chelsea juga harus berpikir untuk laga melawan Arsenal di final Liga Europa 2018-20019. Jadi, mereka akan melakukan yang terbaik demi menutup musim ini di posisi terbaik.

"Ini adalah musim yang sangat-sangat panjanjang dengan semua pertandingan di Liga Europa dan meraih final di Piala Liga. Kami juga telah bermain melawan beberapa tim tangguh di sana," kata Sarri.

"Jadi, ini adalah musim yang panjang buat para pemain. Sekarang, mereka punya jaminan bermain di Liga Champions untuk musim depan. Dalam benak pemain, mungkin laga ini tidak terlalu penting karena kami sudah lolos ke Liga Champions musim depan," ujar Sarri.

Sementara itu, Jamie Vardy menyambut antusias laga melawan Chelsea. Menurut dia, laga nanti akan berlangsung ketat karena Chelsea membutuhkan kemenangan untuk menyegel posisi tiga klasemen.

"Saya rasa mereka masih memerlukan kemenangan untuk memastikan finis di peringkat ketiga. Mereka akan melakukan hal yang sama dengan kami yakni menyelesaikan musim ini di posisi paling tinggi. Jadi, seharusnya laga nanti akan berlangsung sengit," ucap Vardy.

Pertandingan ini menjadi pertemuan ke-86 untuk kedua tim. Chelsea sejauh ini masih dominan dengan 42 kemenangan, Leicester City meraih 19 kemenangan, dan 24 laga berakhir imbang.

Data-Fakta

Prakiraan susunan pemain

Leicester City (4-2-3-1): Kasper Schemeichel (kiper), Ricardo Pereira, Wes Morgan, Harry Maguire, Ben Chilwell (belakang), Hamza Choudhury, Wilfred Ndidi, Marc Albrighton, Youri Tielemans, James Maddison, (tengah), Jamie Vardy (depan)

Manajer: Brendan Rodgers (Irlandia)

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga (kiper), Cesar Azpilicueta, Gary Cahill, David Luiz, Marcos Alonso (belakang), Mateo Kovacic, Jorginho, Ruben Loftus-Cheek (tengah), Pedro Rodriguez, Eden Hazard, Gonzalo Higuain (depan)

Manajer: Maurizio Sarri (Italia)

Head to head

  • 22/12/2018 - Chelsea 0-1 Leicester City (Premier League)
  • 18/3/2018 - Leicester Cirt 1-2 Chelsea (Piala FA)
  • 13/1/2018 - Chelsea 0-0 Leicester City (Premier League)
  • 9/9/2017 0 Leicester City 1-2 Chelsea (Premier League)
  • 14/1/2017 - Leicester City 0-3 Chelsea (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Leicester City

  • 6/5/2019 - Manchester CIty 1-0 Leicester City (Premier League)
  • 28/4/2019 - Leicester City 3-0 Arsenal (Premier League)
  • 20/4/2019 - West Ham United 2-2 Leicester City (Premier League)
  • 12/4/2019 - Leicester City 0-1 Newcastle United (Premier League)
  • 6/4/2019 - Huddersfield Town 1-4 Leicester City (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Chelsea

  • 9/5/2019 - Chelsea 1-1 Eintracht Frankfurt (Liga Europa)
  • 5/5/2019 - Chelsea 3-0 Watford (Premier League)
  • 2/5/2019 - Eintracht Frankfurt (Liga Europa) 1-1 Chelsea (Liga Europa)
  • 28/4/2019 - Manchester United 1-1 Chelsea (Premier League)
  • 22/4/2019 - Chelsea 2-2 Burnley (Premier League)

Prediksi Bola.com:

Leicester City 45-55 Chelsea

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Cacar Monyet, Kasus Penyakit Langka Pertama yang Ditemukan Singapura

Posted: 11 May 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus infeksi monkeypox atau yang biasa disebut sebagai cacar monyet sekarang ini telah menyebar di Singapura. Pasien pertama di negara itu adalah warga negara Nigeria, berusia 38 tahun, yang tiba di Negeri Singapura pada 28 April lalu. Kementerian Kesehatan Singapura mengkonfirmasi adanya kasus infeksi monkeypox di Singapura.

Dalam sebuah siaran pers Kementrian Kesehatan MOH, Kamis 9 Mei 2019, pasien saat ini dalam kondisi stabil dan tengah dikarantina di National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura. Kementerian Kesehatan Singapura menggarisbawahi bahwa kasus cacar monyet ini adalah pertama kali di negaranya, seperti yang Liputan6.com lansir dari Channel News Asia, Jumat (12/5/2019).

"Pasien melaporkan sebelum kedatangannya di Singapura, ia sempat menghadiri pernikahan di Nigeria. Ia mungkin telah mengkonsumsi daging binatang liar (di pernikahan itu), yang bisa menjadi sumber penularan virus monkeypox," kata MOH.

Tentang Cacar Monyet

Ilustrasi Sakit Flu dan Demam (iStockphoto)

Monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan oleh virus, ditularkan ke manusia dari hewan terutama di Afrika Tengah dan Barat. Proses perpindahan virus terjadi saat seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi seperti tikus. Penularan "dari manusia ke manusia", dapat terjadi karena adanya kontak dekat dengan sekresi saluran pernapasan penderita. Selain itu, bisa pula disebabkan karena terkontaminasi oleh cairan pasien yang terinfeksi.

Gejala monkeypox termasuk di antaranya adalah demam, sakit, pembengkakan kelenjar getah bening, serta ruam kulit. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia atau bahkan kematian dalam beberapa kasus. Dalam kasus ini Kementerian Kesehatan Singapura telah memeriksa 23 orang yang sempat memiliki kontak dekat dengan pasien.

Direktur eksekutif NCID, Leo Yee Sin, mengatakan penyakit itu untuk memiliki risiko yang rendah untuk menyebar di Singapura.  Ia menambahkan, rata-rata setiap orang yang terinfeksi menularkan virus kepada kurang dari satu orang lainnya.

Hal itu jauh lebih tidak menular daripada flu biasa. Rantai penularan juga dapat dihentikan dengan karantina pada mereka yang sempat melakukan kontak dekat dengan penderita. MOH juga menyebut bahwa penyakit ini biasanya sembuh sendiri, dengan sebagian besar pasien sembuh dalam dua hingga tiga minggu. Berikut 5 fakta cacar monyet yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/5/2019).

1. Ditemukan Tahun 1958

Penyakit ini disebut monkeypox karena pertama kali ditemukan di laboratorium monyet pada tahun 1958.

2. Menyebabkan Komplikasi

Mereka yang terinfeksi monkeypox biasanya mengalami demam, sakit kepala, sakit otot, sakit tubuh, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam kulit. Dalam beberapa kasus, virus dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia, radang otak dan infeksi mata.

3. Berasal dari Binatang

Penularan virus biasanya terjadi ketika seseorang melakukan kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi, seperti tikus, melalui perburuan dan konsumsi bushmeat. Bushmeat adalah daging hewan liar yang diburu dan dijual untuk makanan dan merupakan sumber protein yang populer di beberapa bagian Afrika.

4. Membutuhkan Perawatan Khusus

Dalam kasus penyakit ini pasien membutuhkan perawatan khusus atau vaksin yang tersedia untuk infeksi monkeypox. Vaksinasi cacar ini terbukti 85 persen efektif dalam mencegah infeksi virus.

5. Masih Tergolong Rendah Penyebarannya

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, saat ini belum ada bukti bahwa penularan dari manusia ke manusia dapat mengakibatkan penyebaran infeksi. Kementerian Kesehatan mengatakan risiko penyebaran monkeypox di Singapura cukup rendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Liga Italia: AC Milan Atasi Fiorentina

Posted: 11 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia telah memasuki pekan ke-36. Beberapa laga telah digelar tadi malam.

Salah satunya mempertemukan AC Milan kontra Fiorentina. Laga ini sukses dimenangkan AC Milan dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan AC Milan dilesakkan Hakan Calhanoglu pada menit ke-35. AC Milan pun menjaga peluang lolos ke Liga Champions.

Kemenangan membuat AC Milan naik ke posisi kelima klasemen Liga Italia. Mereka mengoleksi 62 poin dari 36 laga.

Berikut hasil Liga Italia tadi malam:

 

 

Hasil Lengkap

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu, melakukan selebrasi usai membobol gawang Fiorentina pada laga Serie A di Stadion Artemio Franchi, Sabtu (11/5). AC Milan menang 1-0 atas Fiorentina. (AP/Claudio Giovanni)

Atalanta 2-1 Genoa

Cagliari 1-2 Lazio

Fiorentina 0-1 AC Milan

Jadwal Liga Italia

Jadwal Liga Italia

Minggu (12/5/2019)

17:30 WIB, Torino vs Sassuolo

20:00 WIB, Sampdoria vs Empoli

20:00 WIB, Frosinone vs Udinese

23:00 WIB, SPAL vs Napoli

Senin (13/5/2019)

01:30 WIB, AS Roma vs Juventus

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ASI Eksklusif Fairuz A Rafiq Pilih Tak Berpuasa

Posted: 11 May 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fairuz A Rafiq masih memberikan ASI ekslusif untuk buah hatinya, Queen Eijaz Slofa, yang lahir Mei 2018. Karena itu, pada Ramadan 1440 H ini Fairuz A Rafiq mengaku tidak ikut menjalani ibadah puasa.

Fairuz A Rafiq ingin memberikan yang terbaik buat anaknya, sampai usianya menginjak dua tahun dan berhenti ASI. 

"Oh iya, enggak puasa tapi menu buka aku siapkan, menu sahur aku yang siapkan juga," ujar Fairuz di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019).

 

Urus Suami

Sonny Septian dan Fairuz A Rafiq  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski tidak berpuasa, namun Fairuz Arafiq tetap menyediakan makanan berbuka dan sahur buat suaminya, Sonny Septian. Sebab Sonny Septian hanya mau menyantap makanan bila dihidangkan langsung oleh Fairuz A Rafiq, dan bukan dihidangkan asisten rumah tangga.

"Karena suamiku enggak mau dipegang sama mbak dia tipe orang yang nggak mau dipegang sama mbak. Jadi kalau ada makanan aku yang siapin nanti dia bangunin semuanya," kata dia.

Seperti Puasa

Fairuz A Rafiq  dan Sonny Septian

Alhasil, Fairuz A Rafiq tetap merasakan dirinya juga ikut berpuasa, karena harus menyiapkan sajian untuk berbuka dan sahur.

"Enggak puasa tapi kayak puasa," kata Fairuz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Mudik Pakai Motor Sport 150 Cc, Simak Daftar Harganya

Posted: 11 May 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Motor berjenis sport tetap punya pengemar setia meskipun motor skutik lebih banyak penggemarnya. Salah satu alasan konsumen 'jatuh cinta' dengan motor sport ialah desainnya yang mampu membuat bikers tampil layaknya pembalap MotoGP.

Hampir seluruh pabrikan otomotif kendaraan roda dua di Tanah Air menyediakan motor di segmen ini. Hal itu tentu menjadi salah satu bukti, motor sport masih diminati hingga saat ini.

Masih disematkannya kopling serta tangki untuk penampungan bahan bakar minyak (BBM) di bagian depan, membuat riding position berbeda dari skutik. Beragam model dan segmen motor sport di Tanah Air yang bisa dipilih sesuai selera.

Dalam tulisan kali ini, Liputan6.com akan merinci daftar harga motor sport 150 cc keluaran terbaru, sebagai referensi bagi calon konsumen yang ingin meminang motor sport dengan spesifikasi mesin paling rendah tersebut.

Daftar Harga Motor Sport 150 Cc Yamaha dan Honda

Dari penelusuran data yang didapat dari berbagai laman resmi Agen Pemegang Merek (APM), berikut daftar harganya:

Yamaha

 

R15 Rp35,76 jutaR

15 Movistar Rp36,36 juta

Byson FI Rp22,95 juta

V-Ixion Rp26,95 juta

V-Ixion Movistar 27,65 juta

V-Ixion R Rp30,555 juta

MT-15 Rp35,335 juta

Xabre Rp30,7 juta

 

Honda

 

CBR150R Standar Rp33,8 juta

CBR150R Repsol Rp34,7 juta

CBR150R Racing Red Rp34.5 juta

CBR150R ABS Rp37,8 juta

CBR150R Racing Red ABS Rp38,5 juta

CBR150R Repsol ABS Rp38,7 juta

CB150 Verza Spoke Rp19,4 juta

CB150 Verza CW Rp20,05 juta

CB150R StreetFire SE Honda Racing Red Rp27,85 juta

CB150R StreetFire SE Fury Mat Red Rp27,85 juta

CB150R StreetFire SE Raptor Mat Rp27,85 juta

CB150R StreetFire STD Wild Black Rp26,75 juta

CB150R StreetFire STD Macho Black Rp26,75 juta

 

 

Daftar Harga Motor Sport 150 Cc Suzuki

Suzuki

 

GSX-S150 Shutter Key Rp26,75 juta

GSX-S150 Keyless Ignition System Rp27,25 juta

GSX-R150 ABS Rp33,9 juta

GSX-R150 Matt Red Series Rp31,65 juta

GSX-R150 Keyless Ignition System Rp30,9 juta

GSX-R150 Shuttered Key Rp29,9 juta

GSX150 Bandit Shutter Key Rp26,75 juta

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Anak Tewas Akibat Ledakan Ranjau Darat di Afghanistan

Posted: 11 May 2019 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Ghazni - Sebuah ledakan ranjau darat menewaskan tujuh anak dan melukai dua lainnya di Afghanistan selatan pada Sabtu 11 Mei 2019, kata para pejabat.

Peristiwa itu merupakan insiden yang kesekian kalinya ketika persenjataan perang kembali merenggut nyawa warga sipil.

Ledakan terjadi di provinsi Ghazni, selatan ibukota Kabul, ketika anak-anak menginjak ranjau darat saat bermain di dekat jalan utama, kata juru bicara provinsi Aref Noori kepada AFP, seperti dilansir NDTV, Minggu (12/5/2019).

"Ranjau itu ditanam oleh Taliban di jalan utama untuk menimbulkan korban pada pasukan keamanan," katanya.

Taliban tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Para militan sering menggunakan bom pinggir jalan dan ranjau darat untuk menargetkan pasukan keamanan Afghanistan, tetapi senjata mematikan itu juga menimbulkan korban pada warga sipil.

Amanullah Kamrani, seorang anggota dewan provinsi Ghazni, mengatakan para korban merupakan anak-anak berusia antara tujuh dan sembilan. Sementara empat dari total korban adalah anggota satu keluarga.

Konflik selama bertahun-tahun membuat Afghanistan dipenuhi ranjau darat, selongsong mortir yang tidak meledak, roket dan bom rakitan. Banyak di antaranya menarik rasa penasaran anak-anak setempat yang menjamah benda-benda berbahaya itu, hingga akhirnya menyebabkan korban luka dan jiwa.

Bulan lalu, tujuh anak tewas dan 10 lainnya luka-luka di provinsi Laghman di timur ketika sebuah mortir meledak ketika mereka sedang bermain dengannya.

Menurut PBB, 3.804 warga sipil --termasuk lebih dari 900 anak-anak-- tewas di Afghanistan pada 2018, dengan 7.000 lainnya terluka. Itu adalah tahun paling mematikan hingga saat ini bagi warga sipil dalam konflik Afghanistan.

6 Orang Tewas dalam Ledakan Bom di Afghanistan

Ilustrasi Foto Ledakan (iStockphoto)

Sementara itu, dua bulan lalu, sedikitnya enam orang dilaporkan tewas dan 23 lainnya luka-luka dalam ledakan yang terjadi di Kabul, Afghanistan, Kamis 21 Maret 2019.

Dikutip dari laman BBC, Jumat (22/3/2019), ledakan ini terjadi di tengah-tengah masyarakat Afghanistan yang sedang merayakan liburan Nowruz, Tahun Baru Persia.

Investigasi awal oleh polisi mengindikasikan bahwa tiga bom diledakkan dari jarak jauh, memicu ledakan berturut-turut, menurut juru bicara Kementerian Dalam Negeri Nasrat Rahim.

Kelompok ISIS mengklaim jika mereka adalah dalang di balik ledakan tersebut. Lebih dari 30 orang tewas dalam serangan bunuh diri selama festival Nowruz tahun lalu.

Ledakan Maut Targetkan Kumpul Politik di Afghanistan, 3 Orang Tewas

Ilustrasi Bom

Masih pada Maret 2019, sebuah agenda kumpul-kumpul politik di ibu kota Kabul, yang dihadiri seorang kepala eksekutif dan mantan presiden Afghanistan, berujung maut, setelah beberapa ledakan menewaskan setidaknya tiga orang.

"Kami menerima laporan ledakan terjadi di bagian barat Kabul, dan penyelidikan telah diluncurkan," kata Nasrat Rahimi, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (8/3/2019).

Sumber lain di kementerian yang sama mengatakan bahwa sumber ledakan berasal dari seseorang yang menembakkan mortir dari sebuah rumah di Distrik 18, Kabul.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada klaim tanggung jawab dari pihak manapun.

Namun, seorang pejabat yang menghadiri agenda kumpul politik itu, yang tidak bersedia namanya disebutkan, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa tujuh orang tewas dan 10 lainnya luka-luka.

Pejabat senior Afgansitan itu mengatakan bahwa para penyerang dapat menargetkan pertemuan besar Muslim Syiah, yang berlangsung di kompleks Musala-e-Mazari, Kabul.

Ratusan orang menghadiri pertemuan tersebut untuk menandai peringatan 24 tahun kematian Abdul Ali Mazari, pemimpin partai Hezb-e-Wahdat.

Mazari tewas oleh Taliban, setelah sebelumnya sempat ditahan oleh kelompok ekstremis itu pada 1995.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol: Barcelona vs Getafe

Posted: 11 May 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Jadwal Liga Spanyol pekan ke-27 bakal mempertemukan Barcelona melawan Getafe di Camp Nou. Duel ini sebenarnya sudah tak berarti banyak bagi Barcelona yang sudah pastikan gelar juara.

Meski begitu, jadwal liga Spanyol akhir pekan ini seperti datang di momen yang tidak tepat. Barcelona baru saja terluka karena kalah telak dari Liverpool di Liga Champions. 

Kekalahan telak itu membuat Barcelona tersingkir dan gagal melaju ke final Liga Champions setelah empat musim. Maka itu, duel lawan Getafe di jadwal Liga Spanyol nanti seperti duel mencari obat luka.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde kemungkinan bakal tetap rotasi pemain di laga ini. Soalnya Barcelona punya laga yang lebih penting yaitu final Copa del Rey melawan Valencia.

Sedangkan Getafe sebaliknya sangat berkepentingan dengan jadwal Liga Spanyol pekan ke-37 melawan Barcelona. Getafe masih butuh 3 poin untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

 

Jadwal Liga Spanyol

Real Madrid juga akan melakoni laga-laga terakhir di Liga Spanyol (AFP/GABRIEL BOUYS)

Minggu, 12 Mei 2019

23:30 WIB Athletic Club vs Celta de Vigo

23:30 WIB Atletico Madrid vs Sevilla

23:30 WIB Barcelona vs Getafe

23:30 WIB Real Betis vs Huesca

23:30 WIB Girona vs Levante

23:30 WIB Rayo Vallecano vs Real Valladolid

Jadwal Liga Spanyol

23:30 WIB Valencia vs Deportivo Alaves

23:30 WIB Villarreal vs Eibar

23:30 WIB Leganes vs Espanyol

23:30 WIB Real Sociedad vs Real Madrid

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lebaran, Berapa Banyak Peningkatan Kredit Kendaraan Bermotor?

Posted: 11 May 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pembelian kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor bakal meningkat jelang Lebaran. Pasalnya, banyak masyarakat yang mudik Lebaran menggunakan kendaraan pribadi, karena masih memiliki beberapa keunggulan, seperti waktu yang fleksibel dan juga lebih nyaman.

Nah, dengan meningkatnya pembelian kendaraan bermotor, seberapa besar yang dibeli secara kredit alias pembiayaannya?

Dijelaskan Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, menjelang hari raya umumnya pembiayaan kredit kendaraan bermotor naik lima sampai 10 persen dibanding bulan biasa.

"Jelang Lebaran, permintaan otomotif naik. Kita kalau menjelang puasa, booking kita paling tinggi. Kalau tidak naik, pasti ada kejadian luar biasa, harga komuditas naik, atau konsumen wait and see," jelas Made saat berbincang dengan wartawan di sela-sela buka puasa bersama media, Jumat (11/5/2019).

Lanjutnya, kenaikan pembiayaan jelang Lebaran ini, berlaku baik untuk pembelian mobil baru maupun mobil bekas. Sementara itu, jika dilihat dari jenis kendaraan, di Adira Finance memang masih didominasi sepeda motor, sebanyak 55 persen dan mobil 45 persen.

"Tapi kalau berbicara outstanding loan itu sudah 50 persen-50 persen. Mobil kan tenornya jangka panjang, bisa tiga sampai lima tahun. Sedangkan motor, dua sampai tiga tahun," pungkasnya.

Asuransi Syariah

Sementara itu, memanfaatkan momen Ramadan dan jelang Lebaran, Adira Insurance juga meluncurkan Travelling Syariah. Produk ini, merupakan perjalanan berbasis syariah, untuk melindungi pelanggan selama perjalanan umrah dan haji.

Namun di luar itu, produk ini juga merupakan asuransi perjalanan yang juga bisa digunakan oleh para pecinta otomotif. Khususnya, bagi yang suka melakukan touring menggunakan sepeda motor.

"Travelling Syariah itu sebenarnya asuransi perjalanan buat segala perjalanan Anda, include kalau mau riding ke mana gitu. Karena produk kita Travelling Syariah. Buat pelanggan yang ingin merasakan asuransi dengan sistem tolong menolong, prinsip syariah," pungkas Auralusia Rimadiana, Chief Sales and Distribution Officer Adira Insurance, di acara yang sama.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Brighton & Hove Albion vs Manchester City: Hari Sedih Bagi Liverpool

Posted: 11 May 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester City Pep Guardiola menegaskan timnya kini fokus meraih kemenangan pada laga pamungkas Liga Inggris 2018-19 kontra Brighton & Hove Albion. "Jika kami menang, pasukanku tidak perlu lagi melihat apapun lagi. Jadi, kami akan fokus pada apa yang harus kami lakukan, yakni kemenangan," kata juru taktik asal Spanyol itu sebelum anak asuhnya melawat ke Amex Stadium, markas Brighton & Hove Albion, Minggu (12/5/2019).

Kunjungan ke daerah yang berjarak 76 kilometer ke arah selatan kota London tersebut bakal mencetak sejarah. Syaratnya, Manchester City harus menang, karena bersua Brighton menjadi laga pamungkas Premier League 2018-2019.

Saat ini, Manchester City berada di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2018-2019 dengan koleksi 95 poin. Sergio Aguero dkk hanya unggul 1 poin dari rival berat; Liverpool.

Walhasil, Manchester City bakal mengeluarkan seluruh kemampuan mereka agar bisa memertahankan gelar. Jika terealisasi, mereka bakal memberi label 'hari sedih' bagi Liverpool. Maklum, pada medio Januari 2019, Liverpool sempat berada di posisi teratas dengan selisih 7 poin dari Manchester City.

Namun, selepas tahun baru, Liverpool tampil inkonsisten. Akibatnya, Manchester City mampu memotong selisih, dan kini sudah berada di ambang juara. Satu yang menyesakkan, jika gagal juara, para penggemar Liverpool akan menangisi kans yang sebenarnya sudah terbuka lebar bagi mereka menjadi jawara di tanah sendiri.

Sadar dengan laga krusial kontra Brighton, Pep Guardiola memersiapkan tim layaknya bakal menghadapi pertarungan final. Sky Sports dan BBC menulis, armada Manchester City mendapat 'tempaan' khusus di area sekitar Etihad Campus.

 

Janji Pep Guardiola

Pemain Manchester City, Kyle Walker dan Bernardo Silva merayakan gol ke gawang Burton Albion pada laga leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis (10/1). Manchester City menang telak atas Burton Albion 9-0. (Paul ELLIS/AFP)

Mereka benar-benar bersiap total menghadapi tim yang pada putaran pertama berhasil dibekap 2-0 via gol Raheem Sterling dan Sergio Aguero. "Saya tak mengira kami bisa berada di ambang juara setelah sempat tertinggal tujuh poin di belakang Liverpool pada awal 2019. Ini seperti mimpi berada di pintu gelar," sebut Pep Guardiola.

Pada sisi lain, Pep Guardiola memastikan timnya tak akan banyak berubah. Ia senang karena Kevin De Bruyne sudah siap bertempur lagi meski Fernandinho dan Benjamin Mendy masih menyingkir.

"Kami sudah memerlihatkan banyak hal, dan tak ada perubahan. Faktanya, kami benar-benar tampil luar biasa sepanjang musim ini," tegas Pep Guardiola. Ucapan sang entrenador berkaitan dengan tugas Manchester City yang belum selesai setelah laga kontra Brighton. Maklum, sepekan ke depan, mereka akan tampil di partai final Piala FA, bersua Watford.

Oleh karena itu, Pep Guardiola ingin menyudahi tugas satu per satu. Modal meraih kemenangan kontra Brighton tergolong banyak. Manchester City selalu menang pada empat pertemuan terakhir kontra tuan rumah, termasuk dalam setiap pertemuan di dua musim terakhir.

Pada tiga kemenangan terakhir, Manchester City selalu unggul minimal dengan marjin dua gol. Kali terakhir Brighton menekuk Manchester City terjadi pada 1 April 1989, kala unggul 2-1, berkat gol Alan Curbishley dan bunuh diri bek Manchester Biru, Ian Brightwell.

Satu yang bakal menjadi keuntungan Manchester City adalah kepastian Brighton tetap bertahan di pentas Premier League. Meski berada satu trip di atas batas zona merah, armada Chris Houghton tak mungkin dikejar Cardiff City.

 

Bagaimana Brighton?

Striker Manchester City, Sergio Aguero, berusaha melewati hadangan pemain Brighton pada laga Premier League di Stadion American Express Community, Brighton, Sabtu (12/8/2017). Brighton kalah 0-2 dari Manchester City. (AP/Gareth Fuller)

Artinya, Brighton akan tampil tak terlalu ngotot. Hal itu tersirat dari ucapan sang arsitek. "Saya berpesan ke pasukanku untuk sekadar menghormati Premier League. Ini laga kandang terakhir musim ini, dan jika memang bisa menang, itu sebuah hadiah istimewa bagi fans," tegas Houghton, di situs resmi klub.

Pada sisi lain, Brighton akan menghadapi tekanan luar biasa dari Manchester City. Maklum, selain mengejar gelar, The Citizens juga ingin meneetak beberapa rekor. Satu yang pasti, Manchester City akan mengoleksi trofi ke-4 di era Premier League, atau total enam trofi.

Manchester City juga bakal menjadi tim pertama yang mampu melakukan back to back sejak Manchester United melakukan hal itu pada 10 tahun silam. Manchester City berada di pintu percetakan rekor ketika menjadi tim pertama yang mampu menyelesaikan musim melalui 14 kemenangan beruntun.

Jika bisa menaklukkan Brighton, Manchester City mematahkan rekor 13 kemenangan beruntun Arsenal pada akhir musim 2001-2002. Raihan sempurna di markas Brighton akan membuat Manchester City mengumpulkan 32 kemenangan dalam satu musim, menyamai prestasi mereka sendiri pada periode lalu.

Sinyal lain yang membuat Manchester City bakal membuat fans Liverpool menangis adalah catatan tak terkalahkan pada laga terakhir Liga Inggris. Mereka tak pernah kehilangan 3 poin sejak 2013.

Satu yang menjadi atensi seluruh skuat Manchester City adalah mental. "Faktor kebugaran memang penting, tapi itu bukan yang terpenting. Bagiku, laga kontra Brighton adalah masalah mental dan spirit untuk menang," tegas Raheem Sterling, sayap agresif Manchester City.

Sumber: BBC, Mancity.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulan Puasa, CFD di Thamrin Lebih Ramai dari Tahun Lalu

Posted: 11 May 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki bulan puasa, car free day (CFD) tetap berlangsung di Bundaran HI, Thamrin, Jakarta Pusat. CFD tetap dimulai pukul 06.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, masyarakat pun sibuk berolah raga baik bersepeda maupun lari pagi, meski bulan puasa.

Dishub Komandan Regu Pleton 3, Ahmad menilai, walau jumlah pengunjung berkurang, CFD di bulan puasa kali ini justru lebih ramai dibanding dengan bulan puasa tahun sebelumnya.

"Kalau dibilang sepi banget ya enggak terlalu sepi. Tahun ini lebih ramai sih daripada tahun lalu. Tahun lalu lebih sepi. Sepi-sepinya berkurangnya drastis, kalau ini termasuk lumayan," kata Ahmad kepada Liputan6.com di Bundaran HI, Thamrin, Jakarta, Minggu (12/5/2019).

Dia mengatakan, hal tersebut karena masyarakat sudah lebih mengetahui keadaan CFD di Ramadan tahun ini.

"Oh, karena mereka sudah terbiasa ya mungkin, terbiasa atau sudah tahu situasinya. Kalau tahun lalu kan mungkin enggak terbiasa atau belum tahu kayak gimana," ujar Ahmad.

Salah seorang peserta CFD, Ita mengaku, sudah berlari dan jalan santai sejak jam 7 pagi.

"Saya emang biasa puasa Senin-Kamis, bulan puasa juga tetap jalan pagi di CFD sekarang," kata Ita kepada Liputan6.com.

Menurut dia, wajar bila CFD di bulan puasa lebih sepi daripada hari biasa. "Puasa sih, orang males capek," ujar Ita.

 

 

Berlangsung Normal

Car free day (CFD) tetap berlangsung di Bundaran HI, Thamrin, Jakarta Pusat pada Ramadan ini. (Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat)

Dishub Komandan Regu Pleton 3, Ahmad menambahkan, jam beroperasi CFD juga tetap dimulai dengan normal. Yaitu, dari jam 06.00 WIB hingga 11.00 WIB.

"Seperti biasanya, normal, cuma ya pengunjungnya aja, pengguna yang car free day-nya aja yang berkurang sama yang pedagang berkurang juga," ucapnya.

"Kalau pedagang makanan agak berkurang, jadi kebanyakan ya pedagang pakaian atau pedagang yang lain-lainnya selain makanan ya. Kalaupun ada tapi berkurang ya," Ahmad melanjutkan. 

Jumlah personel Dishub yang disiapkan juga tetaplah sama, meski penjagaan memang agak lebih longgar dari biasanya.

"Kurang ketat karena ya keterbatasan personel masing-masing gitu ya. Tapi dari ujung (Thamrin) sampai Senayan sama, kerja sama komunikasi dari radio aja atau grup medsos, kayak WA gitu ada kejadian apa dilaporkan," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya 5 Seleb Dunia Saat Dipotret Paparazzi, Sadar Kamera Banget

Posted: 11 May 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi selebriti memang bukan perkara mudah, meskipun dilimpahi popularitas, namun para publik figur ini harus siap jika kehidupan pribadinya menjadi konsumsi publik, khususnya kisah asmara mereka. Oleh karena itu ini menjadi risiko menjadi selebriti salah satunya tak pernah lepas dari sorotan media. Kendati demikian seringkali muncul perasaan tidak nyaman ketika kehidupan pribadinya diusik.

Bahkan ada beberapa seleb yang harus bereaksi keras terhadap paparazzi yang berani mengambil foto mereka tanpa izin. Paparazzi sendiri merupakan sebuah profesi fotografer yang mengekspos ruang-ruang pribadi para selebriti menjadi konsumsi publik. Sebagian selebriti merasa terbantu dengan mereka, tapi sebagian lainnya merasa risih.

Profesi ini mulai surut sejak tragedi kematian Putri Diana tahun 1997. Beberapa media memberitakan bahwa kecelakaan diakibatkan Putri Diana menghindari paparazzi. Meskipun sudah mulai surut, namun bukan berarti paparazzi ini hilang dari dunia selebriti dunia.

Tujuan dari paparazzi tersebut tak lain tak bukan adalah untuk mengetahui kegiatan sang selebriti hingga ingin menjawab rasa penasaran publik terhadap hubungan pribadi sang selebriti. Bagi selebriti dunia banyak cara yang bisa mereka lakukan saat diikuti oleh paparazzi, seperti beberapa gaya yang dilakukan oleh seleb ini.

Berikut Liputan6.com rangkum gaya 5 seleb dunia saat dipotret paparazzi, sadar kamera banget ya, Minggu, (12/5/2019)

1. Cara Andrew Garfield saat dipotret paparazzi

Gaya 4 Seleb Dunia Saat Dipotret Paparazzi (sumber:Twitter/@wynethitay)

2. Sophie Turner dan Joe Jonas melototin para paparazzi

Gaya 4 Seleb Dunia Saat Dipotret Paparazzi (sumber:Twitter/@camiIIiepreaker)

3. Grant Gustin berlenggak-lenggok di depan penguntitnya

Gaya 4 Seleb Dunia Saat Dipotret Paparazzi (sumber:Twitter/@meghan_shaughn)

4. Jake Gyllenhaal mikir, kok makannya banyak banget ya

Gaya 4 Seleb Dunia Saat Dipotret Paparazzi (sumber:Twitter/ @noe___e)

5. Jay-Z bersama sang istri memergoki paparazzi

Gaya 4 Seleb Dunia Saat Dipotret Paparazzi (sumber:Twitter/@KarseniK)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koalisi Petahana Rayakan Kemenangan dalam Pemilu Afrika Selatan

Posted: 11 May 2019 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Pretoria - Koalisi partai politik petahana Afrika Selatan, Kongres Nasional Afrika (ANC), merayakan kemenangan dalam pemilu nasional pada Sabtu 11 Mei.

Kemenangan tersebut menggarisbawahi berbagai tugas besar yang akan dihadapi oleh Presiden Cyril Ramaphosa untuk masa jabatan kedua usai ANC memenangi pemilu, yakni: membasmi korupsi dan meningkatkan perekonomian Afrika Selatan.

Dikutip dari The Guardian pada Minggu (12/5/2019), pengumuman resmi kemenangan ANC disampaikan dalam sebuah upacara di ibu kota pemerintahan Afrika Selatan, Pretoria, pada Sabtu pukul 18.30 waktu setempat.

Cyril Ramaphosa, yang merupakan mantan aktivis buruh dan taipan berusia 66 tahun itu, telah meminta segenap rakyat Afrika Selatan untuk mendukung pemerintahannya selama lima tahun ke depan.

Ketua komisi pemilihan umum setempat, Sy Mamabolo, mengatakan pemilu tahun ini sempat mengalami beberapa kendala dalam penyelenggaraannya.

"Meskipun ada perbedaan, namun semanya bisa kembali disatukan. Pemilu adalah bentuk rasa hormat terhadap rakyat Afrika Selatan yang haus akan semangat demokrasi," kata Mamabolo.

Hasil akhir pemilu menempatkan ANC pada raihan suara sebesar 57,5 persen, yang merupakan kejatuhan persentase pertama bagi partai tersebut sejak 1994 silam.

Selama demokrasi ditegakkan pasca-jatuhnya rezim apartheid, ANC selalu mememangkan suara di atas 60 persen dalam setiap gelaran pemilu nasional Afrika Selatan.

Bahkan, ANC pernah menang hampir 70 persen raihan suara dalam pemilu 2014 lalu.

Pengaruh Sentimen Negatif

Bendera Afrika Selatan (Wikipedia)

Beberapa analis menilai bahwa berkurangnya raihan suara ANC terkait dengan kemunculan beberapa sentimen negatif terhadap kepemimpinan dan agenda reformis Presiden Ramaphosa.

Alasan lainnya adalah para pejabat ANC telah beberapa kali menyebut tentang terjadinya "krisis moral" di tubuh partai.

Namun, sentimen tersebut dibantah oleh kepala pemilihan ANC, Fikile Mbalula, yang mengatakan bahwa jika Ramaphosa tidak menggulingkan pendahulunya, Jacob Zuma, ANC mungkin akan meraih suara serendah 40 persen.

Pernyataan Mbalula didasarkan pada fakta bahwa selama sembilan tahun pemerintahan Zuma, Afrika Selatan mengalami penurunan ekonomi yang tajam, dan serangkaian skandal korupsi.

Sementara itu, partai oposisi yang berasal dari kubu tengah-kanan, gagal membuat keuntungan besar, dengan hanya meraih suara 20,77 persen.

Pesaing lainnya yang dikenal radikal, Economic Freedom Fighters (EFF), mencatat kenaikan signifikan sejak pemilu 2014, meski hanya berad di posisi ketiga dengan raihan suara sebesar 10,79 persen.

"ANC diberi kesempatan (menang dalam pemilu)," kata analis politik Lumkile Mondi. "Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk bereinkarnasi menjadi lebih baik."

Sukses di 8 Povinsi Utama

Ilustrasi Pemilu 1(Liputan6.com/M.Iqbal)

Sukses besar ANC utamanya berasal dari raihan suara di delapan provinsi utama, termasuk kemenangan tipis di Gauteng, wilayah terkaya yang mencakup kota-kota besar, seperti Johannesburg dan Pretoria.

Ekonomi Afrika Selatan tumbuh hanya 0,8 persen pada tahun 2018, yang memicu tingkat pengangguran sebesar 27 persen, di mana lebih dari setengahnya adalah kaum muda.

Banyak rakyat setempat marah karana layanan umum yang gagal terpenuhi dengan baik, korupsi masih merajalela, dan tingkat kejahatan yang masih tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panti Asuhan Hati Suci Gelar Pasar Murah

Posted: 11 May 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Hati Suci kembali menggelar pasar murah yang menjual beragam kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Pada tahun ini, pasar murah tersebut digelar pada Minggu, 12 Mei 2019 di Panti Asuhan Hati Suci, Jalan Hati Suci, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Direktur Panti Asuhan Hati Suci, Francisca Setiati mengatakan, pasar murah ini diadakan setiap tahun pada bulan Ramadan. Pasar murah ini hanya digelar selama satu hari saja mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

"Ini dalam rangka bakti Ramadan yaitu pasar murah yang digelar setiap tahun pada Ramadan, untuk membantu keluarga prasejahtera agar bisa merayakan hari raya, karena semua dijual serba murah," ujar dia di Jakarta, Minggu (12/5/2019).

Dalam pasar murah ini, Panti Asuhan Hati Suci menjual beragam kebutuhan masyarakat mulai dari bahan kebutuhan pokok hingga pakaian dengan harga yang terjangkau. Juga tersedia paket sembako yang ditujukan untuk masyarakat kurang mampu.

"Yang dijual ini paket sembako, baju bekas, baju baru, makanan, minuman. Yang paling banyak dibeli paket sembako, kita siapkan 2500 kupon, terdiri dari beras 4 liter seharga Rp 20 ribu, gula pasir Rp 10 ribu, minyak goreng Rp 10 ribu, sirup Rp 12 ribu, dan 5 mi instan Rp 5.000," jelas dia.

 

Beasiswa Pendidikan

Panti Asuhan Hati Suci kembali menggelar pasar murah yang menjual beragam kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau, Minggu (12/05/2019).

Masyarakat yang datang ke pasar murah ini tidak hanya yang berada di sekitar panti asuhan, tetapi juga berasal dari daerah lain, seperti Bekasi, Tangerang hingga Bogor.

"Ini dari Kampung Bali (di sekitar Yayasan Hati Suci), tetapi juga ada yang dari Bekasi, Tangerang, Bogor. Yang hadir sekitar 10 ribu orang. Mereka tidak perlu daftar, bisa langsung datang. Namun untuk kupon sembako kita sudah edarkan seminggu sebelumnya dari rumah ke rumah, jadi kita tahu siapa yang membutuhkan. Untuk satu keluarga diberikan satu kupon," kata dia.

Fransisca mengungkapkan, nantinya dana yang terkumpul dari kegiatan ini akan digunakan untuk beasiswa pendidikan bagi anak-anak asuh di Panti Asuhan Hati Suci. Selain itu dia juga berharap adanya kegiatan ini juga akan membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Nanti penghasilannya untuk dana beasiswa anak-anak Hati Suci yang akan kuliah. Harapannya kegiatan ini bisa berguna baik untuk Panti Asuhan Hati Suci maupun untuk masyarakat," tandas dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kebumen Angkat Bicara soal Identitas Pria Pengancam Penggal Jokowi

Posted: 11 May 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Dua hari terakhir ini, berbagai linimassa dihebohkan oleh beredarnya video seorang pria yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi. Sekejap saja, video yang diduga dibuat di sela aksi massa atau demonstrasi itu pun viral, terutama di Facebook.

Belum diketahui secara pasti identitas pria pengancam penggal kepala Jokowi yang mengaku berasal dari Poso ini. Tetapi, spekulasi kemudian berkembang liar, tak terkendali.

Pria berjaket cokelat dan bertutup kepala hitam itu lantas dikait-kaitkan dengan sosok Dheva Prayoga (24), seorang warga Kebumen. Fotonya beredar di media sosial dan dicurigai sebagai pria pengancam penggal Jokowi.

Merasa gerah dikaitkan dengan pria pengancam Jokowi itu, Dheva membuat video klarifikasi lewat akun Instagramnya, @dhevasuprayoga. Dalam video berdurasi pendek itu, dirinya membantah jika dikaitkan dengan pria pengancam Jokowi dalam video viral tersebut.

Berikut kutipan lengkap video klarifikasi yang diunggah Dheva dalam akun instagramnya, @dhevasuprayogi:

"Selamat siang, semuanya. Saya Dheva Prayoga, saya tinggal di Gang Teratai Nomor 20. Saya ingin mengklarifikasi bahwa yang di video itu bukan saya. Saya dari kemarin juga salat Jumat di Masjid Darussalam, di Kebumen. Dan saya tidak pernah bepergian jauh. Dan saya mendukung upaya Polri untuk menangkap pelaku dan menyelesaikan kasus ini secepat-cepatnya. Terima kasih."

Hasil Pemeriksaan Polisi

Kepolisian memastikan pria dalam video yang mengancakm penggal kepala Jokowi bukan Dheva Prayoga, warga Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Simpang siur identitas pria yang mengancak jokowi itu pun tak urung menjadi perhatian Kepolisian Resor Kebumen. Polisi mengklarifikasi dan memeriksa intensif Dheva.

Hasilnya, kepolisian memastikan bahwa Dheva Prayoga, warga Kebumen yang fotoya beredar luas di media sosial dan dicurigai sebagai pria pengancam Jokowi bukanlah orang yang sama. Hal tersebut diungkap AKP Suparno, mewakili Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede, saat Konferensi Pers di hadapan awak media, Minggu dinihari, (12/5/2019) di Mapolres Kebumen.

AKP Suparno menjelaskan, setelah dilakukan klarifikasi dan pemeriksaan intensif, Polisi menyakini bahwa Dheva berada di Kebumen pada hari Jumat (10/5/2019) kemarin.

"Pernyataannya dikuatkan oleh beberapa orang saksi. Dia juga tidak pernah aktif dalam politik dan terakhir ke Jakarta sekitar tahun 2016," kata Suparno.

Dheva yang hadir di Polres Kebumen menyesali beredarnya foto yang berisi profil identitasnya. Ia juga berterimakasih kepada kepolisian yang sigap melangkah untuk klarifikasi. Dheva berharap agar kepolisian bisa segera menangkap pria yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi itu.

"Kami mengimbau agar masyarakat untuk tidak terpancing terhadap informasi yang belum jelas kebenarannya," kata Suparno.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Launching Persib, Ridwan Kamil Beri Sambutan dengan Pantun

Posted: 11 May 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan sambutan dalam acara perkenalan skuat dan jersey Persib Bandung, di Hotel Grand Bidakara Savoy Homann, Sabtu (11/5/2019).

Mengawali sambutannya, pria yang karib disapa Emil itu membawakan beberapa pantun. Dia membawakan pantun yang cukup unik dan berisi harapan besar untuk Persib

"Mancing lauk di poe Salasa. Dijualna di Purwakarta. Launching Persib di bulan puasa. Insya Allah tahun ieu jadi juara," kata Emil.

Emil juga telah menyiapkan pantun untuk tamu undangan terutama kepada para legenda Persib.

"Aya jajaka kawin ka randa. Unggal poe leuleus luar biasa. Persib mah kudu juara. Baheula, ayeuna, salilana," ujarnya.

Selesai berpantun, mantan wali kota Bandung itu mengatakan, dalam hidup itu ada sebuah energi bernama cinta. Salah satu definisi cinta, kata Emil, dijumpai pada saat mencintai Persib.

"Bagi saya, definisi terujinya pada saat mencintai Persib. Cinta itu banyak memberi jangan banyak meminta. Kalau kita praktikkan Insya Allah langgeng," ujarnya.

 

 

Semangat Memberi

Pemain Persib Erwin Ramdani mengenakan jersey baru Maung Bandung. (Huyogo Simbolon)

Emil menganalogikan cinta terhadap Persib juga harusnya ditunjukkan dengan semangat memberi.

"Nah di Persib juga sama. Keur juara hayu rame-rame kita doakan, kita rayakan, pada saat belum juara jangan dipoyok. Kita doakan agar yang kita cintai ini diberi kesempatan meraih juara," kata Emil.

Dalam sambutannya, Emil terkenang saat menjawab sebagai wali kota. Di mana pada saat itu Persib sedang berada di final ISL 2014. Ia turut menyaksikan laga final yang akhirnya dimenangi Maung Bandung setelah menanti gelar juara selama 19 tahun.

"Memori perayaan itu luar biasa dan selalu terekam dalam ingatan saya," katanya.

Mengulang Kejayaan

Pada kesempatan itu, Emil juga berharap Persib dapat mengulang kejayaannya sebagai klub berpretasi di kancah nasional.

"Saya titip ke Persib karena saya sebagai Bobotoh bukan pemerintah, kalau punya tim yang winning team jangan banyak diganti. Sudah susah mendapatkan tim terbaik, jangan diganti. Kalau sekarang ini saya percaya formula the winning tim," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tradisi Rias Kelopak Mata Pria Yaman di Bulan Ramadan

Posted: 11 May 2019 08:00 PM PDT

Seorang pria Yaman saat kelopak matanya dirias dengan kosmetik tradisional kohl di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman saat kelopak matanya dirias dengan kosmetik tradisional kohl di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman mengoleskan kosmetik tradisional kohl ke kelopak mata pria lain di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman mengoleskan kosmetik tradisional kohl ke kelopak mata pria lain di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman saat kelopak matanya dirias dengan kosmetik tradisional kohl di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman saat kelopak matanya dirias dengan kosmetik tradisional kohl di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman mengoleskan kosmetik tradisional kohl ke kelopak mata pria lain di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

Seorang pria Yaman mengoleskan kosmetik tradisional kohl ke kelopak mata pria lain di Masjid Agung, kota tua Sanaa pada 9 mei 2019. Bagi muslim Yaman, pemakaian kohl diyakini mampu membersihkan dan melindungi mata dari penyakit ini sudah menjadi tradisi setiap bulan Ramadan. (MOHAMMED HUWAIS/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: