Minggu, 12 Mei 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gagal Juara Liga Inggris, Ini 7 Fakta Ketangguhan Liverpool

Posted: 12 May 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liverpool mencatatkan kemenangan 2-0 atas Wolverhampton Wanderrers di Anfield Stadium, Minggu (12/5/2019) dalam lanjutan Liga Inggris. Sayangnya kemenangan itu tetap membuat Liverpool juara Liga Inggris.

Di pertandingan lainnya, Manchester City mencatatkan kemenangan telak 4-1 atas Brighton & Hove Albion di The American Express Community Shield.

Kemenangan itu membuat Manchester City juara Liga Inggris dengan raihan 98 poin. Tim asuhan Pep Guardiola itu unggul satu poin dari Liverpool yang belum bisa mengakhiri paceklik gelar Liga Inggris selama 29 tahun.

Namun, dua pemain andalan Liverpool, Sadio Mane dan Mohamed Salah mendapat golden boot. Keduanya menjadi top scorer Liga Inggris dengan raihan 22 gol bersama striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang.

Kendati gagal juara Liga Inggris, bukan berarti Liverpool tim lemah. Sebaliknya, pasukan Jurgen Klopp merupakan yang hebat. Berikut bukti kehebatan Liverpool sepanjang Liga Inggris 2018/19.

 

Fakta Kehebatan Liverpool

Liverpool.(Paul ELLIS / AFP)

1. Dengan mengumpulkan 97 poin, Liverpool menjadi tim ketiga yang paling banyak mengumpulkan poin dalam sejarah Liga Inggris. Sayangnya, mereka hanya kalah satu poin dari Manchester City untuk meraih gelar juara Liga Inggris.

2. Virgil van Dijk menjadi pemain pertama sejak Martin Skrtel pada 2010/11 yang bermain untuk The Reds selama satu musim penuh di Liga Inggris. Alisson Becker melakukan yang sama seperti Van Dijk.

3. Alisson mencatatkan 21 clean sheet di Liga Inggris musim ini, dia unggul satu angka dari kiper Manchester City, Ederson. Namun, Alisson masih kalah dari kiper legendaris The Reds, Ray Clemence yang mencetak 28 clean sheet di Liga Inggris pada 1978/79.

4. Liverpool tidak terkalahkan di laga kandang untuk dua musim secara berturut-turut. Ini untuk pertama kalinya sejak musim 1979/80.

 

Fakta Kehebatan Liverpool

5. Dengan dua gol ke gawang Wolverhampton, Liverpool mencatatkan jumlah gol terbanyak mereka dalam pertandingan kandang di Liga Inggris sejak 1985/86 ketika mereka mencetak 58 dalam 21 pertandingan. Pada musim ini, Liverpool mencetak 55 gol dalam 18 pertandingan di Anfield.

6. Trent Alexander-Arnold menorehkan 12 assist di Premier League musim ini. Jumlah tersebut membuat Alexander-Arnold menjadi bek dengan catatan assist terbanyak dalam semusim di Premier League.

7. Liverpool menjadi satu-satunya klub yang tak menelan kekalahan di kandang sendiri pada ajang Liga Inggris. Dari 19 pertandingan yang dijalani, The Reds meraih 17 kemenangan dan dua hasil imbang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Satu Arah Dinilai Efektif Urai Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Ini Alasannya

Posted: 12 May 2019 10:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat arus mudik dan balik Lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerapkan sistem satu arah atau one way di jalan tol Trans Jawa. Dengan strategi ini, diyakini dapat mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di ruas jalan bebas hambatan tersebut.

Seperti dijelaskan Pemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto, kemacetan merupakan salah satu permasalahan lalu lintas yang sampai sekarang belum terselesaikan dengan baik.

"Banyak variabel yang melatarbelakangi mengapa masalah kemacetan lalu lintas seakan-akan menjadi pemandangan sehari-hari yang menjengkelkan, menjenuhkan, dan dapat menimbulkan frustasi dan stress karena capai dan lelah," jelas Budiyanto kepada Liputan6.com, melalu pesan elektronik, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, berbicara soal libur lebaran maka tidak terlepas dari kegiatan mudik ke kampung halaman. Hal ini, bisa menjadi momentum yang bagus bagi para pemangku kepentingan yang bertanggung jawab di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, untuk menunjukkan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat dalam melakukan upaya menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas yang dinamis dan kondusif, sehingga masyarakat yang mudik terlayani dengan baik.

Diutarakan lebih jauh, jika melihat data Kemenhub, masyarakat yang akan mudik di seluruh wilayah Jabodetabek, kurang lebih 14,6 juta orang. Dengan tujuan paling banyak Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Saya kira yang paling efektif dengan cara pengaturan lalu lintas One way ( sistem satu arah ) dengan melihat situasi dan kondisi di lapangan. Sistem ini, merupakan pola manajemen yang dilakukan dengan cara mengubah jalan dua arah, menjadi satu arah dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan ,kelancaran lalu lintas yang dapat dilakukan dengan cepat dan biaya murah," tegasn Budiyanto.

 

Efek samping

Dibandingkan dengan melebarkan jalan atau membangun jalan baru, pertimbangan lain one way adalah kapasitas ruas jalan dan kapasitas persimpangan bertambah, peningkatan keselamatan karena konflik kendaraan berkurang, konfigurasi parkir dapat diakses di kiri serta kanan, dan pengawasan lebih mudah.

Selain dapat mengurai kemacetan, sistem satu arah ini tentu saja menimbulkan efek samping lalu lintas.

Seperti contoh, sebagian kendaraan mengalami jarak tempuh yang panjang, perlu perubahan ataupun pengaturan alat pengatur lalu lintas, perlu penyesuaian rute angkutan umum, dan masyarakat penggunanya termasuk antisipasi jalan alternatif.

"Faktor lain yang tidak kalah penting apabila One way akan diberlakukan ,adalah masalah sosialisasi, dan penyiapan rambu-rambu lalu lintas dan kesiapan petugas," tutupnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumlah Penduduk Ibu Kota Baru akan Dibatasi

Posted: 12 May 2019 10:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jokowi-JK berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa. Rencana tersebut pun telah dimasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pembangunan infrastruktur dasar ibu kota baru dapat dimulai pada 2020. Hal ini dapat terwujud apabila kajian lokasi ibu kota baru selesai tahun ini.

"Kajian ini akan kita finalkan tahun ini sehingga keputusan lokasi juga kita harapkan bisa dilakukan tahun ini. Sehingga 2020 bisa dilakukan paling tidak persiapan untuk pembangunannya maupun pembangunan infrastruktur dasar itu sendiri," ujarnya di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (13/5/2019).

Bambang melanjutkan selain kajian lokasi, pemindahan ibu kota baru juga membutuhkan landasan hukum yang kuat. Landasan hukum ini pun membutuhkan koordinasi antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Yang pasti beberapa produk hukum yang diperlukan awalnya adalah RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) ini harus direvisi tentunya kalau ada wilayah yang akan dijadikan ibu kota baru," jelasnya.

Menteri Bambang menambahkan, calon ibu kota baru nantinya tidak boleh padat penduduk seperti kondisi Jakarta saat ini. Ibu kota baru ini, dipersiapkan menampung 1,5 juta penduduk yang terdiri dari anggota legislatif, yudikatif dan eksekutif antara lain PNS, Polri, TNI, DPR, MA dan MK dengan masing-masing anggota keluarga 4 orang.

"Ibu kota baru pun seperti saya sampaikan didesain hanya untuk 1,5 juta orang. Ini jumlah yang udah memperhitungkan jumlah maksimalnya. Karena perkiraan PNS di pusat beserta legislatif dan yudikatif. Karena DPR juga pindah, yudikatif MA, MK juga pindah perkiraan 200.000 orang," jelasnya.

"Kemudian yang Polri-TNI 25.000. Kemudian pihak keluarga yang pindah patokan satu keluarga 4 orang itu 800.000 ditambah pelaku bisnis yang mendukung kegiatan ekonomi di ibu kota baru karena pasti ada kegiatan ekonomi bisnis yang terkait dengan ibu kota baru. Sehingga total 1,5 juta orang," tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Risiko Jika Ibu Kota Pindah

Sejumlah gedung tinggi yang berfungsi sebagai perkantoran dan hunian memenuhi sebagian kawasan ibu kota di kawasan Jakarta, Kamis (2/5/2019). The Skyscraper Center mencatat pertumbuhan gedung tinggi di ibu kota terus meningkat dengan jumlah saat ini mencapai 382 gedung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Pengamat Ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bima Yudhistira memandang, sebelum merealisasikan pemindahan ibu kota, pemerintah dinilai perlu memperhatikan sejumlah risiko.

Pertama, dengan telah diketahuinya beberapa lokasi yang menjadi opsi Ibu Kota Negara nantinya, menjadikan lahan bagi para spekulan tanah. Ini nanti bisa menyebabkan biaya pembebasan lahan cukup tinggi.

"Ini pada akhirnya bisa terkait beban utang pemerintah yang semakin membengkak," kata dia kepada Liputan6.com, Senin (13/5/2019). 

Kedua, jika salah satu alasan pemerintah pemindahan ibu kota karena DKI Jakarta sudah terlalu macet, sebenarnya itu bukan solusi terbaik.

"Ini tidak menyelesaikan masalah kemacetan. Jumlah kendaraan dinas ynag berkurang tidak signifikan dibanding kendaraan pribadi dari swasta dan rumah tangga," tambahnya.

Resiko ketiga adalah mampu meningkatkan inflasi. Pada kenyataannya, dengan adanya arus urbanisasi sebagai dampak pemindahan ibu kota negara ini akan menimbulkan melonjaknya harga kebutuhan pokok di kota yang menjadi pilihan pemindahan ibu kota.

Dan risiko keempat, pemerintah dinilai harus membangun ekonomi masyarakat yang akan menjadi ibu kota baru sebelum nantinya dipindahkan.

"Ketimpangan di ibu kota baru makin melebar imbas pendatang, karena mereka lebih mampu secara ekonomi, dibanding dengan penduduk lokal yang miskin," pungkasnya.

 

Jokowi Tinjau 2 Lokasi Ibu Kota Baru, Mana yang Dipilih?

Suasana pertumbuhan gedung bertingkat dan pemukiman padat penduduk di kawasan Jakarta, Kamis (2/5/2019). The Skyscraper Center mencatat pertumbuhan gedung tinggi di ibu kota terus meningkat dengan jumlah saat ini mencapai 382 gedung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu telah melakukan peninjauan dua calon lokasi ibu kota baru, yakni yang terletak di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Lantas, mana lokasi yang paling tepat untuk dijadikan kantor pemerintahan baru?

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga turut serta dalam rombongan mengabarkan, pemerintah telah mengantongi beberapa penilaian. "Semua ada plus minusnya," ungkapnya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, pada Jumat 10 Mei 2019.

Untuk di Kalimantan Timur, ia mengatakan, ada beberapa penilaian positif yang didapat, antara lain keberadaan kota besar seperti Balikpapan dan Samarinda yang jarak tempuhnya tidak jauh dari kawasan laut. 

"Kemudian daratannya kondisi topografi perbukitan. Prasarana jalan sudah ada jalan tol, sehingga kesiapan untuk kehidupan perkotaan positif di situ. Tapi di bawahnya ada lahan batu bara, itu harus diselidiki dulu," sambungnya.

Sedangkan di Kalimantan tengah, ia melanjutkan, faktor lingkungan yang masih alami dan belum banyak terjamah menjadi nilai plus tersendiri. Meskipun menyisakan pekerjaan berupa pembangunan infrastruktur yang harus banyak dimulai.

"Di Kalimantan Tengah, di gunung mas, daerahnya remote. Tapi bagus. Hutannya masih asli. Jalan nasionalnya sudah kita bangun, bagus. Tapi dia jauh dari kota, sehingga perlu prasarana dasar yang lebih dari Kalimantan Timur," terangnya.

Berdasarkan hasil peninjauan itu, Menteri Basuki pun menyatakan, pemerintah juga masih harus mempertimbangkan faktor lain seperti aspek sosial budaya masyarakat setempat untuk menentukan lokasi ibu kota baru.

"Sosial budaya di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur juga kan mungkin beda. Nah ini harus dikaji dulu oleh Bappenas. Menerima 1,5 juta orang baru kan enggak gampang. Itu harus dipelajari," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Pekan, Harga Telur Ayam Stabil Rp 26 Ribu per Kg

Posted: 12 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki awal pekan ini, harga telur di pasar tradisional seperti di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta, terpantau masih stabil. Harga jualnya belum beranjak dari kisaran Rp 26 ribu per kg.

Silvi (22) salah seorang pedagang telur di Pasar Kwitang dalam menyatakan, kestabilan harga komoditas telur seperti telur ayam dalam negeri ini didukung lancarnya pasokan barang dari pihak penyalur atau agen. 

"Telur ayam masih Rp 26 ribu, belum berubah. Harga biasanya tergantung (pasokan) dari agen. Ini masih lancar," ungkap dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (13/5/2019).

Stabilitas harga juga turut dirasakan produk telur lainnya, termasuk telur ayam kampung, telur bebek, dan telur puyuh.

"Telur ayam kampung masih sama, Rp 2.500 (per butir). Telur bebek Rp 3.000 (per butir). Telur puyuh juga sama, masih Rp 40 per kg," ujar Silvi.

Di lain sisi, tingginya harga telur ini rupanya masih sedikit dikeluhkan oleh Maryanto (43), seorang penjual telur di pasar yang sama. Dia mengatakan, harga telur yang normal saat ini cenderung masih lebih tinggi dibanding sebelumnya.

"Sekarang memang (harga telur ayam dalam negeri( Rp 26 ribu per kg. Padahal telur normalnya Rp 24 ribu (per kg) kayak sebelum puasa. Jadi sekarang telur itu enggak mungkin Rp 22 ribu (per kg) lagi," paparnya.

Sementara untuk komoditas telur lainnya, Maryanto melanjutkan, harganya pun masih belum banyak berubah sejak beberapa hari terakhir.

"Masih pada sama. Telur ayam kampung Rp 2.400 per butir. Lagi turun dari Rp 2.500. Udah sekitar 2-3 hari. Telur puyuh juga normal, masih Rp 36 ribu per kg," tutur dia.

Harga Telur pada Awal Pekan Lalu

Penjual menunjukkan telur dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (24/7). Harga telur ayam mengalami penurunan di angka Rp 26 ribu per kilo. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebelumnya, memasuki Ramadan 1440 H sejumlah harga bahan pokok mengalami kenaikan. Tak hanya sejumlah harga sayuran yang naik, namun telur ayam dan daging ayam juga merangkak naik.

Silvi (22), salah seorang pedagang telur di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat menyebutkan, harga telur ayam memang sudah melonjak sejak satu pekan ke belakang.

"Sekarang harganya Rp 26 ribu (per kg), naik udah semingguan. Harga normalnya sih Rp 22 ribu (per kg)," jelas dia kepada Liputan6.com, Senin, 6 Mei 2019.

Melonjaknya harga juga untuk produk telur lain seperti telur ayam kampung dan telur asin. Silvi menjual telur ayam kampung biasa Rp 2.500 per butir, naik dari harga sebelumnya Rp 2.200. Sementara telur ayam kampung omega ditawarkannya Rp 2.800 per butir dari harga semula Rp 2.500.

"Kalau telur asin sekarang Rp 3.500 (per butir), udah lama naiknya. Tadinya sekitar Rp 3.000 (per butir)," sambung Silvi.

Sama seperti telur ayam, Ainun (62) salah seorang penjual daging ayam potong di Pasar Kwitang Dalam. Dia melaporkan, harga daging ayam juga telah naik sejak 3 hari terakhir. Ini terjadi lantaran harga jual di pihak penyetornya sudah mengalami peningkatan.

"Ayam fillet sekilo Rp 55 ribu. Naik udah 3 hari. Tadinya Rp 40 ribu. (Bagian) sayap Rp 35 ribu (per kg). Tadinya Rp 32 ribu. Sama, udah 3 hari juga. Ini udah naik dari penyetornya ya," tuturnya

 

Bulog Akui Harga Telur Sulit Dikendalikan

Pedagang menata telur dagangannya di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Kamis (2/5/2019). Harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan menjelang bulan suci Ramadan. (Liputan6.com/JohanTallo)

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyebut ada beberapa komoditas pangan yang dianggap harganya sulit untuk dikendalikan pada saat Ramadhan dan Lebaran. Salah satunya yakni harga telur ayam.

"Saya bilang kemungkinan agak susah telur ya telur ayam," kata Buwas saat ditemui di Jakarta, Minggu, 5 Mei 2019.

Meski sulit dikendalikan namun pihaknya telah memiliki sejumlah cara untuk menekan harga telur ditingkat pasar. Salah satunya dengan menggandeng para peternak ayam petelur untuk lakukan operasi pasar.

"Kita sudah berusaha karena kan peternak-peternak ayam petelur sudah siap juga sebetulnya. Kita sudah kerja sama kepada para peternak dengan petelur ayam dan perusahan besar petelur sudah siap. Kita sudah membeli untuk operasi pasar," katanya.

Di samping itu, Mantan Kepala BIN ini juga memastikan bahwa ketersedian stok bahan komoditas pangan lainnya terjamin. "Gula aman. daging ayam stok banyak, daging kerbau kita banyak," ujar pemimpin Bulog.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rahasia Tetap Bugar Saat Jalani Puasa Ramadan

Posted: 12 May 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani puasa Ramadan pastinya memiliki tantangan tersendiri. Apalagi saat awal-awal puasa, tubuh kita masih beradaptasi untuk menjalankannya.

Tubuh loyo dan lemas lantaran baru beradaptasi menjalankan ibadah puasa, tidak menjadi alasan untuk tak memperhatikan penampilan kita.

Saat puasa Ramadan, kita tetap bisa tampil cantik dan bugar. Pastinya, tidak dengan cara yang berlebihan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh tetap prima saat Ramadan.

Pertama, jangan pernah mengabaikan sahur. Sahur sangatlah penting agar tubuh bisa mendapatkan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seharian.

Sahur juga penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas selama Anda menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Menu sahur yang sehat sebaiknya mengandung protein dan serat, sehingga mampu membuat perut tetap kenyang lebih lama.

Protein didapat dari daging rendah lemak, telur, kacang, dan susu. Kemudian, serat bisa didapat dari buah dan sayuran.

Hindari menu sahur berupa goreng-gorengan, kuah bersantan, dan makanan berlemak. Selain tidak sehat, makanan tersebut juga bisa membuat cepat haus saat menjalankan ibadah puasa.

 

Tips Selanjutnya

Ilustrasi Foto Membersihkan dan Menggosok Gigi (iStockphoto)

Tips kedua, usahakan tidak kembali tidur usai salat Subuh. Keluarlah dari rumah dan hirup udara dalam-dalam untuk mendapatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh dan otak.

Cahaya matahari sangat kaya akan vitamin D yang bisa memperkuat tulang. Manfaat lain adalah untuk merangsang pelepasan hormon endorfin yang bisa meningkatkan mood baik.

Tips terakhir adalah menjaga kesegaran dan kebersihan mulut. Tetaplah menggosok gigi saat berpuasa. Sisa-sisa makanan akan menempel di sela-sela gigi dan menjadi plak jika tidak dibersihkan.

Menggosok gigi akan membuat gigi terlihat putih dan bersih, mengatasi bau mulut, serta meningkatkan kepercayaan diri. Tambahkan obat kumur bila diperlukan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pariban, Idola Dari Tanah Jawa: Romantika Usia 30-an dan Pertanyaan “Kapan Kawin?”

Posted: 12 May 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan klasik bagi Anda yang berusia kepala tiga dengan karier mapan dan tinggal di Indonesia, kerap ditanya, "Kapan kawin?" Apalagi, sebentar lagi Lebaran.

Saat berkumpul dengan keluarga besar, Anda yang berusia 30-an dan belum menemukan jodoh, siapkan mental serta tebalkan telinga. Pertanyaan kapan kawin bisa menyambar kapan saja dari mulut siapa saja. 

Tema kapan kawin sebenarnya bukan hal baru di industri film Indonesia. Sinemart Pictures pernah menampilkannya lewat Cinta Suci Zahrana (Chaerul Umam, 2012). Dalam level yang lebih apik, ada Kapan Kawin?(Ody C. Harahap, 2015).

Apakah Pariban mampu lebih baik dari kedua film tadi? 

 

 

 

Persaingan Halomoan dan Binsar

Kisahnya dimulai dari kehidupan Halomoan (Ganindra). Di usia 35 tahun, ia memiliki segalanya kecuali cinta. Kariernya sebagai pemilik perusahaan rintisan bersinar. Kliennya, dari perusahaan multinasional hingga luar negeri. Banyak perempuan jatuh hati padanya, bahkan, punya 6 pacar untuk 6 hari berbeda. Khusus hari Minggu, didesikasikan Halomoan untuk ibunya (Lina). 

Suatu hari Ibu Halomoan merasa terhina. Saat berkumpul dengan sahabat, Ibu Halomoan ditanyai kapan punya menantu. Tak tahan dengan serangan para sahabat, ia mengutus Halomoan terbang ke Samosir, Sumatra Utara untuk menemui paribannya, Nantulang (Dayu) dan Tulang (Rukman). Keduanya memiliki seorang putri bernama Uli (Atiqah). Kali pertama melihat Uli, Halomoan jatuh hati. Sayang, Uli dekat dengan Binsar (Rizky). 

Adegan selanjutnya, mudah ditebak, yakni persaingan Halomoan dan Binsar dalam mendapatkan Uli. Beruntung, sineas Andibachtiar berhasil memoles persaingan ini menjadi duel yang tidak monoton. Ia memanfaatkan hal-hal kecil seperti papan catur, motor gede, gaya berpakaian yang eksentrik, dan pelafalan nama untuk memantik kelucuan.

 

 

Cinta Sejati dari Batak

Adegan film Pariban

Esensi film ini sebenarnya menemukan cinta sejati dengan latar kebudayaan Batak yang eksotik. Ide cerita Pariban berawal dari keresahan akan pudarnya kecintaan terhadap Batak. Karenanya, film ini disisipi suasana di lapo, nyanyian soal pariban, upacara adat, museum benda peninggalan leluhur, suasana pasar trasisional, hingga penjelasan gamblang asal-usul suku Batak serta apa yang dimaksud pariban. 

Sensasi serasa belajar geografi dan antropologi di layar lebar tak terhindarkan. Agar tidak terasa berat, beberapa materi humor ditabur. Sayangnya, sutradara dan penulis naskah belum berani beranjak sepenuhnya dari humor seputar WC dan persepsi alat kelamin. Andai mau konsisten soal perangai, gaya bicara, dan gegar budaya Halomoan di kampung leluhurnya, Pariban berpotensi menjadi komedi yang lebih berkelas. 

Akting Ganindra dan Atiqah asyik. Atiqah dalam banyak adegan tampak tak berjarak dengan para pemeran pendukung termasuk figuran di pasar tradisional. Sementara Ganindra dengan gaya narsistik dan gestur yang terlalu percaya diri terlihat menarik. Performanya membuat kami percaya bahwa Halomoan orang sukses. Kami pun maklum jika ia punya banyak pacar.  

Sayangnya, setelah menanti 1,5 jam lebih, tak ada akhir yang melegakan dari cerita cinta segitiga ini. Sang produser percaya diri untuk melanjutkan kisah ini di masa mendatang. Yang dibutuhkan mayoritas penonton adalah kisah cinta dengan akhir mengesankan. Perkara mau ada sekuel, pasti ada saja celah cerita yang bisa dikembangkan dari Pariban ini. (Wayan Diananto)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Remaja Diringkus Usai Tawuran Antar-Kampung di Mampang

Posted: 12 May 2019 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Empat remaja digelandang ke Polres Metro Jakarta Selatan. Mereka ditangkap Team Eagle One Polres Metro Jakarta Selatan usai terlibat tawuran antarkampung Ramadan ini, pada Minggu 12 Mei 2019.

Kepala Team Eagle One, Aipda Oka Bartono menjelaskan, pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat telah terjadi tawuran di Jalan Pondok jaya, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Tawuran melibatkan dua kampung yakni Kampung Parko dengan Kampung Pondok Jaya.

"Tim kemudian menyisir dan berhasi mengamankan empat orang diduga pelaku," kata dia ketika dikonfirmasi soal tawuran di Mampang itu, Senin (13/5/2019).

Oka membeberkan indentitas terduga pelaku. Mereka adalah GW (21), MNS (14), SA (16), dan MZ (16). Selain menangkap pelaku, disita sejumlah barang bukti berupa senjata tajam.

"Dua Sabit diamankan dari tangan pelaku. Dua senjata tajam bentuk klewang ditemukan di tong sampah di kawasan Pondok Jaya," ucap dia.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, para pelaku dibawa ke Polres Metro Jaksel.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diperiksa Kasus Makar, Kivlan Zen: Saya Tidak Punya Pasukan Bersenjata

Posted: 12 May 2019 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Kepala Staf Kostrad ABRI, Kivlan Zen hari ini diperiksa oleh Bareskrim Mabes Polri atas tuduhan makar. Menanggapi hal itu, dirinya menolak tuduhan tersebut. Menurut purnawirawan ABRI kelahiran Langsa, Aceh ini dirinya tidak memiliki niatan untuk makar. Karena ia tidak memiliki senjata serta pasukan.

"Tidak benar akan makar. Saya tidak punya senjata, saya tidak punya pengikut yang bawa pasukan bersenjata, dan saya tidak menyatakan bahwa kita harus membentuk pemerintahan baru," ujar Kivlan saat hendak menghadiri pemeriksaan di Bareskrim Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Kivlan merasa dirinya hanya mengemukakan pendapat yang dijamin di dalam konstitusi Indonesia.

"Untuk merdeka (membuat negara serta pemerintah baru) buat negara itu harus ada pemerintahan, ada rakyat, ada kekuatan bersenjata, ada kedaulatan," kata Kivlan.

Di sana, Kivlan juga menyampaikan bahwa seruan terkait diskualifikasi Paslon 01, Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019 merupakan atas dasar pandangannya yang menganggap Paslon 01 tersebut telah berbuat curang.

Seruan tersebut diketahui dalam acara "We Don't Trust" yang digagas sejumlah tokoh pendukung Prabowo-Sandi.

"Termasuk KPU, termasuk undang-undang, kalau dia melanggar undang-undang tentang pemilu kan boleh itu dia diskualifikasi atau dilikuidasi. Maksud saya dilikuidasi itu menganulir ya toh. Karena apa? Karena kalau mereka mengatakan berbuat kesalahan, dan saya sampaikan itu berbuat kesalahan, ada kecurangan-kecurangan, kemudian terbukti ada paslon 01 bagi-bagi uang, bagi-bagi sembako, dan semuanya termasuk ASN mendukung itu kan pelanggaran undang-undang," katanya.

Tatkala ditanya bukti terkait tuduhan kecurangan terhadap Paslon 01, Kivlan mengatakan bahwa hal itu sudah banyak di samapikan oleh media. Sebelum memasuki gerbang elektronik di dalam gedung Bareskrim, Kivlan mengatakan bahwa demokrasi di Indonesia sudah mati.

"Demokrasi sudah mati," kata Kivlan Zen.

 

Didampingi Pengacara

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan datang ke Bareskrim pada 10.15 WIB. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sebelumnya, Kivlan Zen siang ini mendatangi Bareskrim Mabes Polri, Jl. Trunojoyo, Jakarta Selatan. Kivalan datang dengan ditemani pengacaranya, Pitra Romadoni.

"Saya kan belum tahu apa materinya. Di situ disebut saya dilaporkan dengan yang namanya Jalaluddin. Tapi saya kan ndak tahu, saya kam hari ini diperiksa sebagai saksi untuk kasus makar," kata Kivlan Zen di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Meskipun dipanggil sebagai saksi, Kivlan mengaku ia belum mengetahui dipanggil sebagai saksi dalam kasusnya siapa.

"Saya ndak disebutkan saksi untuk siapa. Sebagai saksi saja. Kalau saksi saya tanya nanti siapa si yang menjadi tersangka saya saksi untuk dia," terang Kivlan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penurunan Tarif Batas Atas Bakal Pukul Bisnis Penerbangan

Posted: 12 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) menilai penurunan tarif batas atas tiket pesawat tidak relevan dengan kondisi dunia penerbangan saat ini.

Ketua Bidang Penerbangan Berjadwal INACA Bayu Sutanto mengatakan, perubahan terhadap tarif batas atas memang sangat dimungkinkan dan telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 20 Tahun 2019 tentang Tata Cara dan Formulasi Perhitungan Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

"Mekanisme peninjauan atau perubahan tarif batas atas sudah diatur di Permenhub di mana memperhatikan perubahan harga avtur dan kurs USD serta direview setiap 3 bulan," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Namun demikian, lanjut dia, upaya pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat dengan menurunkan tarif batas atas dinilai tidak sesuai dengan kondisi di dunia penerbangan saat ini di mana kurs dolar Amerika Serikat (AS) tengah menguat dan tingginya harga avtur.

"Saat ini kurs USD dan harga avtur lebih tinggi dari pada saat penetapan tarif batas atas. Selain faktor inflasi dan kenaikan upah. Per har ini kurs USD terhadap rupiah sudah naik lagi. Logikanya tarif batas atas naik, bukan malah diturunkan," kata dia.

Oleh sebab itu, Bayu menilai langkah pemerintah untuk menurunkan tarif batas atas tidak sesuai realitas yang terjadi di dunia penerbangan. Meski tujuannya untuk membuat harga tiket pesawat lebih terjangkau bagi masyarakat.

"Sesuai Permenhub 20, mekanisme peninjauan kembali tarif batas atas adalah berdasarkan kurs USD dan harga avtur. Pemaksaan turun tarif batas atas ini enggak ikutin realitas kurs USD dan harga avtur yang naik, tentu menjadi pertanyaan," tandas dia.

Hore! Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Turun 15 Persen

Ilustrasi (Istimewa)

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memastikan tarif batas atas tiket pesawat akan turun sebanyak 15 persen.

Luhut mengatakan, dia telah mendapatkan laporan mengenai rencana itu dan telah disetujui semua pihak termasuk maskapai.

"Akan turun harga 15 persen. Garuda Indonesia juga sudah bilang iya. Rini (Menteri BUMN) kan juga sudah bilang," katanya di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Menurut Luhut, penurunan tarif batas bawah itu seharusnya tidak akan mengganggu kinerja perusahaan. Dia menyebut nantinya akan ada evaluasi.

Atas keluhan masyarakat yang menilai harga tiket pesawat yang masih tinggi hingga saat ini, Luhut meminta agar masyarakat bisa tenang dan menunggu.

Luhut menyebut pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk menurunkan harga tiket pesawat, salah satunya adalah dengan membuka kesempatan swasta untuk masuk ke bisnis avtur.

Dengan demikian, Pertamina akan berkompetisi untuk bisa memberikan layanan penjualan avtur sehingga harga diharapkan bisa kompetitif.

"Kita beda dengan Singapura (harga avtur) hampir 25 persen. Kita tidak mau ada beda jauh. Singapura udara saja impor, masak minyaknya lebih murah dari kita," katanya. 

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Bakal Turun, Ini Tanggapan Garuda

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan menurunkan tarif batas atas tiket pesawat pada Senin pekan depan. Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) Pikri Ilham Kurniansyah menuturkan, sebagai operator, perusahaan menunggu keputusan dari Kemenhub.

"Saya kira ini sudah dibahas di Kemenko, Menhub, dan Menteri BUMN. Ya sebagai operator kita tunggu aja apa keputusannya. Kita tunduk kepada regulasi dan pemegang saham," terangnya Rabu (8/5/2019).

Menurutnya, ada beberapa hal yang menyebabkan tiket pesawat menjadi tinggi yakni bahan bakar (fuel), kedua perawatan, sewa pesawat. "Itu sudah 70 persen dolar semua, pendapatan kita rupiah. Jadi penurunan tarif batas atas itu rumit sekali. Harus ada penurunan cost-nya, jadi kalau ada penurunan cost, struktur cost-nya turun sehingga akibatnya perhitungan tarif batas atas turun bagi maskapai tidak bermasalah," ucapnya.

"Jadi pemerintah itu bukan menurunkan tarif batas atas tapi struktur cost. Biaya mana yang bisa menyebabkan turun, karena kan industri harus dilindungi," tambah dia.

Nilai Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Tunggu Keputusan Bersama

Ilustrasi pesawat yang berada di dekat bendara (AFP Photo)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan akan menurunkan tarif batas atas tiket pesawat dalam waktu dekat. Namun waktu penurunan tersebut masih belum diputuskan karena menunggu keputusan bersama dengan Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian.

Budi Karya menjelaskan, penurunan tarif batas atas tiket pesawat sudah dibahas dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Dari pembahasan tersebut sudah bisa dipastikan bahwa pemerintah akan menurunkan batas atasnya.

"Kenaikan harga tiket pesawat kan sudah kita bahas berkali-kali. Diusahakan maskapai menurunkan tarif tetapi kan tidak diturunkan karna berkaitan dengan jumlah pendudukan," terangnya di Jakarta, Rabu (8/5/2019).

"Selama ini harga terjangkau tidak ada, maka Pak Menko undang saya untuk membahas. Dalam pembahasan disimpulkan satu-satunya cara menurunkan harga ialah menurunkan tarif batas atas," tambah dia.

Budi Karya pun berjanji, bahwa tarif batas atas tiket pesawat pasti akan turun. Namun besaran penurunan masih menunggu keputusan bersama dengan Kemenko.

"Minggu ini saya akan lakukan pembahasan dan dasar-dasar laporan kepada Menko pada hari senin. Kalau besarnya (penurunan) masih saya tunggu, tapi kalau diturunkan itu pasti," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tim Top yang Belum Pernah Juara Liga Champions

Posted: 12 May 2019 10:30 PM PDT

Jakarta - Liga Champions merupakan idaman bagi tiap klub Eropa. Pengorbanan besar mereka keluarkan demi membuka peluang memenangkan kompetisi tersebut.

Akan tetapi, nyatanya masih banyak tim-tim top yang sampai saat ini masih gagal menggapainya.

Saat ini Real Madrid tercatat sebagai klub yang paling banyak mengoleksi gelar Liga Champions. Total El Real jadi juara sebanyak 13 kali. Disusul AC Milan dengan tujuh raihan trofi.

Selanjutnya ada Bayern Munchen, Liverpool, Barcelona dengan torehan lima gelar. Ajax Amsterdam menguntit dengan empat piala.

Liga Champions musim 2018-2019 akan mempertemukan dua klub asal Inggris, Tottenham Hotspur dengan Liverpool di laga puncak.

Bicara soal klub dengan nama besar, namun sampai saat ini belum sekalipun merasakan madu juara Liga Champions, situs 90min yang disarikan Bola.com punya datanya. Simak detailnya di bawah ini:

AS Roma

AS Roma vs Cagliari (ALBERTO PIZZOLI / AFP)

​Ketika belum berganti format ke Champions League, AS Roma memang pernah menjajal laga final European Cup di tahun 1984. 

Akan tetapi, semenjak  UEFA memutuskan untuk berganti format dalam kompetisinya, klub asal Ibukota Italia tersebut masih gagal menembus babak final, meski Giallorossi pernah diperkuat dengan pemain-pemain top seperti Francesco Totti hingga Gabriel Batistuta.

Pencapaian terbaik mereka sendiri adalah kala melaju ke semifinal pada edisi 2017-2018 silam. Sayangnya, mereka harus rela mengakui keunggulan Liverpool dengan agregat 5-2.

PSG

Para pemain PSG merayakan gol yang dicetak Edinson Cavani ke gawang Red Star pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Paris, Rabu (3/10/2018). PSG menang 6-1 atas Red Star. (AFP/Franck Fife)

Semenjak Nasser Al-Khelafi mengambil alih Paris Saint-Germain di tahun 2011, dirinya langsung mengubah Les Parisiens sebagai salah satu klub yang patut diwaspadai lantaran bisa mendatangkan pemain-pemain bintang ke Parc Des Princes.

Sudah menghamburkan banyak uang, seperti membeli Neymar dan Kylian Mbappe dengan total transfer 358 juta pound, PSG nyatanya masih belum bisa menembus babak final Champions League.

Pada musim 2018-2019 ini aja, skuat asuhan Thomas Tuchel sudah harus tersingkir di babak 16 besar seusai ditaklukan oleh Manchester United. Ironisnya, mereka sudah unggul 2-0 di leg pertama, namun justru ditundukkan 1-3 di leg kedua.

Sporting CP

Striker Barcelona Lionel Messi (kanan) mendapat pengawalan dari bek Sporting CP Bruno Fernandes pada laga Liga Champions di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Rabu (27/9/2017). (dok. UEFA)

Sporting CP memang sering mengganggu Porto, dan Benfica di liga domestik untuk memperebutkan gelar juara. Walau begitu, Leoes tidak begitu mendapatkan nasib yang baik ketika harus memainkan kompetisi Champions League.

Catatan terbaik dari klub yang bermarkas di Estadio Jose Alvalade adalah menembus babak 16 besar saja. Catatan itu terbilang sangat mengecewakan jika dibandingan dengan Porto yang pernah mengangkat trofi si kuping besar di tahun 2004.

Tottenham Hotspur

Manajer, Mauricio Pochettino dan pemain Tottenham Hotspur merayakan kemenangan tim mereka atas Ajax Amsterdam pada akhir laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19 di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Tottenham melaju ke Final Liga Champions usai mengalahkan Ajax 3-2. (Olaf Kraak / ANP / AFP)

​Tottenham Hotpsur asuhan Mauricio Pochettino di musim 2018-2019 ini, memang berhasil menembus babak semifinal Champions League. 

Akan tetapi, melihat kondisi saat ini, Spurs yang telah tertinggal 0-1 oleh lawannya, Ajax Amsterdam (The Lancers mempunyai tabungan gol tandang), saat memainkan leg pertama di hadapan supporternya sendiri, berpotensi besar jika Spurs gagal untuk masuk ke laga final dalam sepanjang sejarah klub.

Manchester City

Pemain Manchester City, Kyle Walker dan Bernardo Silva merayakan gol ke gawang Burton Albion pada laga leg pertama semifinal Piala Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis (10/1). Manchester City menang telak atas Burton Albion 9-0. (Paul ELLIS/AFP)

​Manchester City, mempunyai nasib yang sama seperti PSG (Paris Saint-Germain) ketika menjalani kompetisi Champions League.

Seperti diketahui, setiap musimnya The Citizens selalu mengeluarkan dana besar di bursa transfer untuk menguatkan komposisi skuatnya, dan bahkan kini Pep Guardiola ditunjuk sebagai pelatih utama yang membuat ambisi Man City untuk merengkuh gelar juara Champions League, semakin besar.

Nahasnya, semenjak Guardiola menungkangi Man City di tahun 2016 lalu, pelatih berkepala plontos tersebut masih gagal membawa klub bermarkas di Etihad Stadium menembus final. 

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: Tingkat Kepatuhan Pelaporan Gratifikasi Jelang Idul Fitri Menurun

Posted: 12 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut tingkat kepatuhan pelaporan penerimaan gratifikasi penyelenggara negara terkait Hari Raya Idul Fitri Menurun. Jumlah pelaporan gratifikasi jelang Idul Fitri tahun ini turun jika dibandingkan dengan laporan dua tahun terakhir.

"Pada momen Lebaran 2017, KPK menerima 172 laporan, terdiri atas 40 laporan dari Kementerian/Lembaga, 50 laporan dari Pemda, dan 82 laporan dari BUMN," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (13/5/2019).

Total nilai pelaporan gratifikasi Lebaran 2017 tersebut senilai Rp 161.660.000. Dengan rincian Rp 22.730.000 dari Kementerian atau Lembaga, Rp 66.250.000 dari Pemda, dan Rp 72.680.000 dari BUMN.

Febri mengatakan, barang-barang gratifikasi yang dilaporkan tersebut dengan ragam bentuk mulai dari parcel makanan dan barang pecah belah, uang, pakaian, alat ibadah, hingga voucher belanja. Nilainya juga beragam mulai dari parcel kue senilai Rp 50 ribu hingga parcel barang senilai Rp 39,5 juta.

"Sedangkan, pada momen Hari Raya Idul Fitri 2018, terjadi penurunan laporan sekitar 11% menjadi 153 laporan," kata Febri.

Laporan tersebut terdiri atas 54 laporan dari Kementerian atau Lembaga, 40 laporan dari Pemda, dan 58 laporan dari BUMN. Namun, total nilai barang gratifikasi yang dilaporkan pada Lebaran 2018 meningkat menjadi Rp 199.531.699.

"Sedangkan tahun 2019 ini, hingga 10 Mei 2019 KPK belum menerima pelaporan gratifikasi terkait Hari Raya Idul Fitri 2019," kata Febri.

 

Ketentuan Hukum Pelaporan

Pekerja membersihkan debu yang menempel pada tembok dan logo KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (21/11). KPK merilis Indeks Penilaian Integritas 2017. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Febri mengatakan, pejabat atau penyelenggara negara yang melaporkan gratifikasi dengan kesadaran akan terbebas dari ancaman pidana sebagaimana dijelaskan dalam pasal 12B UU No. 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, yaitu berupa pidana penjara seumur hidup atau penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar.

Namun, menurut Febri, jika laporan gratifikasi baru disampaikan setelah ada proses hukum penyelidikan, penyidikan dan penuntutan maka KPK dapat tidak menindaklanjuti laporan tersebut dan menyerahkannya pada proses hukum yang berjalan.

"KPK mengimbau agar menolak pemberian gratifikasi pada kesempatan pertama. Bila, karena kondisi tertentu pejabat tidak dapat menolak, maka penerimaan gratifikasi tersebut wajib dilaporkan paling lambat 30 hari Kerja kepada KPK," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Lama Menatap Layar Gadget Tidak Sepenuhnya Buruk Bagi Anak

Posted: 12 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewasa ini, memberikan anak-anak smartphone atau gadget lain saat para orang tua mengobrol agar sang anak tetap kalem bukan jadi hal yang aneh lagi.

Setelah fenomena ini berlangsung, ada beberapa sugesti yang menyebutkan screen time, atau waktu dimana seseorang menatap layar gadget entah untuk bermain atau menonton, berpengaruh buruk terhadap otak anak, hingga bisa merubah struktur otaknya.

Namun ternyata, sugesti itu tidak sepenuhnya benar.

Studi teranyar dari Universitas Oxford yang dipublikasikan di Nature Human Behaviour menyebutkan, screen time untuk anak tidak berbahaya, dan hampir tidak ada efek psikologisnya bagi kesehatan si kecil, dilansir dari Ubergizmo, Senin (13/5/2019).

Kemudian, penelitian Lydia Denworth yang dipublikasikan di Scientific American mencatat, teknologi tidak berpengaruh buruk pada kondisi emosional anak.

Apakah anak menjadi lebih depresi, punya keinginan bunuh diri, lebih terisolasi, jawabannya ternyata tidak. Jadi, para orang tua tidak perlu khawatir anak akan menjadi 'beringas' karena smartphone.

Meski begitu, orang tua tetap tidak boleh begitu saja memberikan screen time pada anak.

Meski tidak memberikan dampak buruk, itu hanya akan terjadi jika orang tua memberi porsi screen time yang pas. Lain halnya jika sang anak sudah kecanduan, maka kejadian mengerikan yang tidak terbayang bisa saja terjadi.

Untungnya, beberapa agensi teknologi raksasa seperti Apple dan Google telah memikirkan hal ini jauh-jauh hari. Mereka membenamkan fitur yang membantu para orang tua mengontrol kapan sang anak harus bermain smartphone dan kapan ia harus berhenti.

Apple Ungkap Alasan Cabut Aplikasi yang Memonitor Screen Time

Tim Cook, CEO Apple saat berkunjung ke Apple Store 3 November 2017 di Palo Alto, California. (Doc: Gettyimage)

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)Liputan6.com, Jakarta - Apple sempat dikritik karena mencabut sejumlah aplikasi parental control dari toko aplikasinya, App Store.

Aplikasi ini, memang berfungsi membantu orang tua untuk memonitor screen time alias jumlah berapa banyak waktu anak yang dihabiskan saat memegang iPhone. 

Karena kritikan semakin banyak, Apple pun buka suara dan menyatakan alasan mengapa mereka mencabut aplikasi-aplikasi tersebut.

Dilansir Geek pada Selasa (30/4/2019), alasan Apple menghapus aplikasi-aplikasi ini tak lain karena aplikasi tersebut berisiko terhadap keamanan dan privasi penggunanya.

"Kami selalu percaya kalau orang tua memiliki alat khusus untuk mengatur pemakaian perangkat anak-anaknya. Namun, beberapa alat ini malah berpotensi mengekspos riwayat browsing pengguna, lokasi, dan akun email ke pihak ketiga," ujar perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini.

"Dari tahun lalu, kami sadar kalau beberapa aplikasi parental control menggunakan teknologi canggih bernama Mobile Device Management atau MDM," jelas Apple.

"MDM memberikan kontrol pihak ketiga dan akses kepada perangkat dan informasi sensitif seperti lokasi, penggunaan aplikasi, akun email, izin pemakaian kamera, dan riwayat browsing," lanjutnya.

MDM Melanggar Kebijakan

Ilustrasi: Selain menjadi toko ritel pertama di Asia Tenggara, Apple Store ini juga menjadi toko pertama yang sepenuhnya menggunakan energi terbarukan (sumber : bgr.com)

Pada awal 2017, Apple sendiri sempat mengecek pemakaian MDM bagi pengembang non-enterprise. Tak lama setelahnya, perusahaan memperbarui guideline berdasarkan dari updateyang mereka terima.

Apple berpendapat, meski MDM memiliki pemakaian yang sah--seperti kontrol lebih baik pada perangkat dan data hak milik--ternyata MDM masih tetap berisiko dan tetap melanggar kebijakan App Store dalam hal privasi pengguna.

Saat Apple tahu dengan pelanggaran guideline tersebut, mereka langsung mengumumkan kepada para pengembang aplikasi dan memberikan waktu 30 hari untuk segera mengirim update baru aplikasi agar tidak dicabut dari App Store.

Beberapa pengembang merilis update untuk memastikan aplikasi mereka mengikuti kebijakan yang sudah ditentukan. Namun sisanya dicabut karena tidak mengikuti ketentuan.

"Kami menciptakan App Store untuk menyediakan toko aplikasi yang aman, di mana pengembang dan entrepreneur bisa membawa ide ke pengguna seluruh dunia, dan pengguna bisa memakai aplikasi dengan aman mengikuti standar dan tanggung jawab perusahaan," tutur Apple.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan tempat bagi aplikasi-aplikasi ini agar mereka juga bisa improve bagi pengalaman pengguna untuk semuanya," tutup perusahaan.

(Tik/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule Kangen Kerja Bareng Andre Taulany

Posted: 12 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sepekan terakhir wajah Andre Taulany tak muncul di layar kaca. Padahal biasanya, hampir setiap hari dirinya rutin memandu acara bareng Sule di sebuah stasiun televisi swasta.

Namun akibat berbagai kasus hukum yang membelit diri dan keluarganya, Andre Taulany mulai tiarap dari ingar bingar dunia hiburan dan sosial media.

Pihak televisi yang mempekerjakan Andre Taulany pun ikut mengistirahatkan eks vokalis Stinky itu sementara. Mereka beralasan, Andre membutuhkan waktu ekstra untuk menyelesaikan kasus hukumnya terkait kasus dugaan menghina Nabi Muhammad -sholallahu'alaihi wa sallam-.

Menjalani acara tanpa Andre Taulany, rupanya membuat Sule merasa kehilangan. Kekuatan lawakannya menurut beberapa warganet, dianggap kurang greget. Selama ini Andre Taulany memang kerap mengocok perut lewat celetukannya yang kocak.

Kangen

Hal itu tak ditampik Sule. Melalui akun Instagram pribadinya, Sule mengungkap kerinduan dengan sosok Andre Taulany. Sule memajang foto dirinya tengah menyandarkan kepala di bahu Andre.

"Miss u ♥️ bebeeee#sulechannel #sundasamodarna #premanotwsurga #totalitastanpabatas #edankeun," tulis Sule.

Dugaan Penistaan Agama

Andre Taulany memberikan keterangan pers terkait  ucapannya di sebuah stasiun televisi yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW di kantor MUI, Jakarta, Sabtu (4/5/2019). Andre meminta masyarakat untuk membuka pintu maaf atas kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya. (merdeka.com/Imam Buhori)

Hingga kini belum diketahui kapan Andre Taulany akan selesai dari masa istirahatnya. Sementara itu, Andre Taulany dilaporkan beberapa pihak terkait dugaan penistaan agama. Hingga sekarang, proses itu masih bergulir di kepolisian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tabur Bunga Keluarga Korban, Peringati Tragedi Mei 98

Posted: 12 May 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kerusuhan berdarah terjadi Mei 1998, ratusan korban tewas dalam peristiwa ini. Keluarga korban memperingati 21 tahun tragedi mei 98 di salah satu lokasi pecahnya kerusuhan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Count KPU Siang Ini Hampir 80%, Suara Jokowi Vs Prabowo Terpaut 15 Juta

Posted: 12 May 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih terus melakukan penghitungan suara real count Pemilu 2019. Penghitungan suara tersebut baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres).

Sampai siang ini, KPU sudah menghitung suara real count hingga 79 persen. Pemenang sementara adalah pasangan capres cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Pesaingnya, pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berada di bawah petahana.

Berikut hasil real count sementara dari Situng KPU pukul 12.15 WIB, dengan suara masuk 643.263 dari 813.350 TPS (79.08809%), adalah sebagai berikut:

Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin: 56,31 persen atau 68.176.112 suara.

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 43,69 persen atau 52.907.222 suara.

Dengan begitu, selisih suara keduanya adalah 12,62 persen atau 15.268.890 suara.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Mansinam tentang Peradaban Masyarakat Papua Akan Dibintangi Denzel Washington?

Posted: 12 May 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah film Indonesia yang diproduksi setiap tahun terus meningkat. Genrenya pun makin bervarisi. Pekan ini, perwakilan Tim Papua Berkati Indonesia, yakni Izaak Wondiwoy, Martha Limahelu, Deborah Caroline, dan Yudhi Purwanto Harijono memperkenalkan proyek layar lebar terbaru Mansinam: Man Is Man.

Mansinam: Man Is Man merupakan film aksi petualangan berbasis sejarah peradaban masyarakat Papua yang diawali dengan datangnya dua misionaris asal Jerman: Carl Wilhelm Ottouw dan Johann Gottlob Geissler.

"Mansinam: Man Is Man akan menggambarkan jati diri Tanah Papua yang kemudian dikenal sebagai Tanah Injil. Ini bukan film religi melainkan menggambarkan proses terbentuknya peradaban Papua hingga dikenal seperti sekarang ini," terang Martha Limahelu dalam wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com.

Untuk mewujudkan proyek Mansinam: Man Is Man, Tim Papua Berkati Indonesia bekerja sama dengan para sineas Hollywood. Martha menjelaskan, pihaknya sedang menjajaki dan membuat beberapa kesepakatan dengan sejumlah rumah produksi Hollywood. Tim ini juga sedang bernegosiasi dengan agen Denzel Washington dan Dennis Quaid.

"Alasannya, wajah dan postur mereka dekat sekaligus cocok dengan masyarakat Papua. Selain itu kami akan merekrut para seniman Papua maupun Papua Barat," Martha menukas.

Dennis Quaid dikenal masyarakat Indonesia lewat film The Day After Tomorrow dan G.I. Joe: The Rise of Cobra. Sepanjang kariernya, Dennis Quaid meraih dua nominasi di ajang Golden Globes. Sementara Denzel Washington salah satu aktor dengan karier sempurna. Selain melahirkan film box office The Equalizer, ia telah menang dua Piala Oscar Aktor Terbaik (A Training Day, 2001) dan Aktor Pendukung Terbaik (Glory, 1989).

Christine Hakim dan Bujet Rp 1 Triliun

(Nurwahyunan/Fimela.com)

Selain melirik aktor-aktor Hollywood, film Mansinam: Man Is Man berencana meminang beberapa bintang film Indonesia. "Tentu saja nanti ada beberapa pemain Indonesia yang kami rekomendasikan, tapi pihak Hollywood yang akan menyeleksi dan menyetujui. Kan mereka lebih berpengalaman," terang Yudhi Purwanto Harijono yang ditemui di Jakarta, Minggu (12/5/2019).

Kalau boleh bermimpi, Yudhi dan kawan-kawan akan merekomendasikan Christine Hakim. Reputasinya sebagai diva layar lebar sekaligus kolektor delapan Piala Citra tak terbantahkan. Selain itu, Christine Hakim pernah mendampingi Julia Roberts di film Eat, Pray, Love.

"Ini akan menjadi film Indonesia dengan bujet produksi terbesar dalam sejarah. Biaya produksi film ini 80 sampai 100 juta dolar AS, atau sekitar 1 triliun rupiah lebih," pungkas Yudhi. (Wayan Diananto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makin Mellow dengan Lagu Religi Terbaru Dinda Permata

Posted: 12 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Puasa di bulan Ramadan tahun ini buat pedangdut Dinda Permata agaknya menjadi lebih istimewa. Ia sukses mengeluarkan single religi yang menjadi lagu terbaru miliknya.

"Bersyukur banget yah, bulan Ramadan tahun ini aku seperti dapat hidayah dari Allah. Enggak nyangka kemaren ini aku bisa mengeluarkan single religi pertama yang bertajuk Takdir," jelas Dinda Permata saat bertandang ke kantor KLY, Gondangdia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Andi Merpati selaku pencipta lagu tersebut awalnya menawarkan lagu lain yang sedikit nge-beat untuk Dinda Permata. Akan tetapi Dinda yang awalnya adalah penyanyi jebolan ajang pencarian bakat dangdut ini sebelumnya pernah mencoba untuk hijrah ke genre musik pop namun ia kembali beralih ke dangdut karena menurutnya musik dangdut sangat menjanjikan.

"Awalnya aku selesai di KDI mau beralih ke genre musik pop karena awalnya aku emang di musik pop. Udah diwanti-wanti sama manejemen aku yang lama, ya aku jalanin dan karena ga berjalan sesuai ekspetasi akhirnya aku ke dangdut lagi karena dangdut lebih bisa dinikmati semua kalangan," ujar Dinda Permata.

Hal tersebut yang membuatnya mengajukan permintaan lain dan ia sendiri ingin membawakan lagu religi yang agak mellow. Dan akhirnya dibuatkanlah lagu Takdir sesuai permintaan Dinda.

"Dan ,kalau dalam proses lagu ini cukup cepat, oleh pak Rahayu Kertawiguna (Produser Nagaswara Music) aku waktu itu cuma disuruh dengerin lagu ciptaan Merpati band terus kok kayak yang enak gitu ngebawainnya. Ya, udah aku ambil deh," sambungnya.

Lagu terbaru Dinda ini bercerita tentang segala sesuatu yang terjadi itu atas kehendak dari Allah SWT. Manusia hanya bisa berencana tapi tetap Allah yang menentukan, yang terbaik menurut kita belum tentu di mata Allah. Tetapi sebaliknya yang buruk menurut kita belum tentu buruk bagi Allah.

Konsep musik lagu ini diaransemen oleh Jaya RPH yang dikemas dengan nuansa pop namun sedikit memiliki unsur cengkok khas dangdut melayu, dengan iringan piano. Selain itu terdapat instrumen tabla di bagian reff lagu, sehingga terasa pas dengan vokal Dinda yang punya karakter mellow. (Louvina Gita/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Real Count KPU Hampir 80 Persen, Jokowi Ungguli Prabowo

Posted: 12 May 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU terus melakukan proses real count dari surat suara di seluruh Indonesia. Hingga kini, perhitungan telah hampir memaski angka 80%, Jokowi sementara masih ungguli Prabowo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partikel Radioaktif Ditemukan di Palung Mariana, Gara-Gara Perang Dingin?

Posted: 12 May 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Pasifik - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa karbon radioaktif dari uji coba bom nuklir era Perang Dingin terkandung di Palung Mariana, palung terdalam alami di dunia dengan kedalaman mencapai 10.994 meter di bawah permukaan laut.

Ion-ion tersebut ditemukan pada tubuh krustasea (binatang air yang berkulit keras, seperti udang dan kepiting) yang hidup di sana. Para peneliti yang terlibat di balik studi tersebut mengatakan, rantai makanan lautlah yang membuat karbon radioaktif bergerak sejauh ini, begitu cepat.

Partikel radioaktif terdeteksi berkadar tingkat tinggi abnormal di hewan amphipoda (ordo krustasea malacostraca yang tidak memiliki karapaks atau kerangka luar) di Palung Mariana (Samudra Pasifik), Pulau Mussau (Papua Nugini), dan Britania Baru (pulau terbesar di Kepulauan Bismarck, Papua Nugini).

"Meskipun rantai makanan di samudra membutuhkan ratusan tahun untuk membawa air yang mengandung bom (karbon) ke palung terdalam, namun ini (rantai makanan) bisa mencapainya lebih cepat," kata Ning Wang, salah satu tim peneliti yang merupakan ahli geokimia dari Chinese Academy of Sciences di China.

Wang dan rekan-rekannya mencari karbon-14, yakni karbon radioaktif yang terbentuk secara alami ketika sinar kosmik berinteraksi dengan nitrogen di atmosfer Bumi.

Uji coba nuklir yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada tahun 1950-an dan 1960-an, menyebabkan penggandaan karbon-14 di atmosfer Bumi, ketika neutron yang dilepaskan oleh bom bereaksi dengan nitrogen.

Pada 1990-an, tingkat karbon-14 itu telah turun hingga 20 persen di atas tingkat pra-tes, tetapi studi terbaru ini menunjukkan 'karbon bom' masih ada di bawah laut.

Akan tetapi, ada aspek lain dari riset ini: cara karbon radioaktif dapat membantu kehidupan biota laut bertahan hidup di kedalaman yang sangat dalam di bawah air.

Faktanya, organisme laut dapat menggunakan karbon-14 untuk membangun molekul di dalam sel-sel mereka. Ini adalah cara lain yang mampu mereka gunakan untuk bertahan hidup pada kedalaman laut yang luar biasa, di bawah tekanan yang kuat, pada suhu beku, dan tanpa banyak memangsa.

Para peneliti berasumsi, kondisi seperti itu mungkin menjadi alasan mengapa krustasea yang hidup di Palung Marina bisa berukuran jauh lebih besar dan hidup lebih lama ketimbang makhluk serupa di perairan dangkal.

"Amphipoda dalam dapat hidup hingga 10 tahun atau lima kali lebih lama dari yang ada di perairan dangkal," demikian perkiraan peneliti yang dikutip dari Science Alert, Senin (13/5/2019).

 

Akibat Ulah Manusia

Ilustrasi bom nuklir (iStock)

Dengan membandingkan kadar karbon-14 di perut dan otot amphipoda, serta kadar karbon-14 di air di sekitar habitat mereka dan di permukaan, maka akan tampak bahwa makhluk-makhluk kecil itu telah mengonsumsi materi yang jatuh ke bawah permukaan laut.

Dengan kata lain, lonjakan karbon yang disebabkan oleh aktivitas manusia pada masa lampau masih dapat berdampak besar pada kehidupan laut, lebih dari 60 tahun kemudian.

"Ada interaksi yang sangat kuat antara permukaan dan dasar (laut), dalam hal sistem biologis, dan aktivitas manusia dapat memengaruhi biosistem, bahkan hingga 11.000 meter ke bawah. Jadi kita perlu berhati-hati tentang perilaku kita di masa depan," ujar salah satu peneliti lain, Weidong Sun dari Chinese Academy of Sciences.

Kini, penelitian di atas telah dipublikasikan dalam jurnal Geophysical Research Letters.

Titik-Titik Radiasi Radioaktif Terdeteksi di Hutan Merah Chernobyl

Rambu peringatan radioaktivitas di sebuah bukit di ujung timur Red Forest atau Hutan Merah di Chernobyl. (Creative Commons)

Sementara itu, para ilmuwan di Rusia telah menemukan titik-titik panas radiasi di Red Forest atau Hutan Merah yang mengelilingi lokasi bencana nuklir Chernobyl. Lokasi tersebut dikatakan tidak pernah terdeteksi sebelumnya.

Tim peneliti itu juga menemukan bagian-bagian dari Desa Kopachi di barat daya Ukraina, tempat radiasi menyebar setelah bencana Chernobyl, yang banyak terkontaminasi radioaktif.

Tingkat dosis pemaparan adalah 1 millisievert (mSv) per jam --sebagai perbandingan, rata-rata orang terkena radiasi sebanyak 2,4 mSv per tahun.

Hutan Merah kemudian menjadi salah satu situs radioaktif paling aktif di dunia: daerah di mana partikel radioaktif mendarat di hutan pinus seluas 400 hektar, mematikan pohon-pohon di sana dan mengubahnya menjadi kering kerontang.

Bulan lalu, para ahli menghabiskan dua minggu untuk mensurvei Hutan Merah dan area sekitarnya. Mereka menggunakan pesawat tanpa awak (dronefix-wing dan multi-rotor yang dilengkapi dengan detektor radiasi yang dirancang khusus.

Selama 10 hari, 50 drone dikerahkan untuk memindai area seluas 15 km persegi, membuat peralatan ini harus menghabiskan waktu selama 24 jam di udara. Mereka memakai data yang dihasilkan untuk membuat peta 3D dan menentukan titik-titik radiasi.

Sebelum memetakan Hutan Merah, tim terlebih dahulu mensurvei Desa Buriakivka yang berjarak 13 km dari PLTN Chernobyl. Selanjutnya, pemukiman Kopachi yang terbengkalai, dan terakhir Hutan Merah.

Sebuah kru dari National Centre for Nuclear Robotics di Amerika Serikat berkolaborasi dengan organisasi SSE Eco Center asal Ukraina yang bertugas mengumpulkan data tentang Zona Pengecualian untuk penelitian ini.

Mereka menerbangkan drone-drone (yang sudah dipasang sensor radiasi) pada jarak 45 hingga 60 meter di atas permukaan tanah, dengan kecepatan sekitar 40 meter per jam (mph). Cara ini dapat mencegah para peneliti dari paparan radiasi.

Tim peneliti itu berencana melanjutkan survei mereka selama 12 bulan ke depan.

Hutan Merah adalah daerah seluas 10 kilometer persegi yang mengitari PLTN Chernobyl dalam Zona Pengecualian, yang terletak di Polesia.

Nama "Hutan Merah" berasal dari warna coklat-jahe di pohon-pohon pinus di sana, setelah tanaman ini mati karena menyerap radiasi tingkat tinggi dari peristiwa Chernobyl pada 26 April 1986.

Dalam operasi pembersihan pascabencana, Red Forest dibuldoser dan ditimbun di waste graveyards atau "kuburan limbah". Situs Hutan Merah tetap menjadi salah satu daerah yang paling terkontaminasi radioaktif di dunia saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Rekapitulasi Nasional KPU: Jokowi Unggul 64,33 Persen di Sulbar

Posted: 12 May 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - KPU RI melanjutkan pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 tingkat nasional. Rekapitulasi pertama dimulai dengan penghitungan suara di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Dari hasil rekapitulasi, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara 64,33%, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 35,67%.

"Nomor 01 mendapat 475.312 (suara), 02 mendapat 263.620," kata Ketua KPUD Sulbar Rustang di Kantor KPU RI, Senin (13/5/2019).

Ia mengatakan, jumlah suara sah dalam Pemilu di Sulbar yakni 738.932, sementara suara tidak sah 121.247. "Total suara sah dan tidak sah 751.079," jelasnya.

KPU berencana menggelar rekapitulasi suara untuk 6 provinsi hari ini. Enam provinsi yang dijadwalkan rekapitulasi adalah Sulawesi Barat, DI Yogyakarta, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Lampung, dan Jawa Timur.

Namun, rekapitulasi untuk Provinsi Lampung dan Jawa Timur masih tentatif karena perwakilan dari Lampung dan Jatim baru bisa datang sore hari.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Hasil Rekapitulasi Suara 8 Provinsi

Komisioner KPU RI, Ilham Saputra (kiri) memimpin rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Nasional dan Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, Jakarta, Rabu (7/5/2019). Rapat masih membahas dan menetapkan hasil perolehan suara dari PPLN. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dari delapan provinsi yang sudah dilakukan rekapitulasi suara oleh KPU, pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang di enam provinsi yakni Gorontalo, Kalimantan Tengah, Bali, Kalimantan Utara, Bangka Belitung dan Kalimantan Barat.

Dari enam provinsi tersebut, Jokowi-Ma'ruf menang atau unggul telak dari lawannya pasngan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno di Provinsi Bali. Di sana, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 2.351.057 suara dan Prabowo-Sandiaga meraih 213.415 suara.

Untuk jumlah pemilih secara keseluruhan di Bali sendiri sebanyak 2.616.810. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.564.472 merupakan suara sah dan 52.338 merupakan suara yang tidak sah.

Lalu, untuk di Gorontalo sendiri, Jokowi-Ma'ruf meraih 369.803 suara dan Prabowo-Sandiaga memperoleh 345.129 suara. Suara yang masuk di Gorontalo sebanyak 723.080 suara dengan suara sah 714.932 dan suara tidak sah 8.148.

Untuk di Kalimantan Tengah, Jokowi-Ma'ruf mendapat 830.948 suara dan Prabowo-Sandiaga 537.138 suara dari total suara masuk sebanyak 1.401.698 dengan suara sah 1.368.086 dan suara tidak sah 34.612.

Selain itu, Jokowi-Ma'ruf meraih 248.239 dan Prabowo-Sandiaga mendapat 106.162 suara di Kalimantan Utara. Total suara masuk sebanyak 359.241 dengan suara sah sebesar 354.401 dan suara tidak sah 4.840 suara.

Selain itu, di Provinsi Bangka Belitung, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 495.729 suara dan Prabowo-Sandiaga meraih 288.235 suara. Hasil tersebut dari total suara masuk sebesar 806.891 dengan suara sah 783.964 suara dan suara tidak sah 22.927 suara.

Untuk di Kalimantan Barat, Jokowi-Ma'ruf juga unggul 1.709.896 suara atas Prabowo-Sandiaga yang meraih 1.263.757 suara. Perolehan suara itu dari total 3.029.909 suara dengan 2.973.653 suara sah dan 56.256 suara tidak sah.

Sementara itu, Prabowo-Sandiaga unggul di Bengkulu dengan meraih 583.488 suara dan Jokowi-Ma'ruf mendapat 585.999 suara. Hasil itu didapat dari total 1.196.349 pemilih dengan 1.169.487 suara sah dan 26.862 suara tidak sah.

Sedangkan untuk di Kalimantan Selatan, Prabowo-Sandiaga meraih 1.470.163 suara dan Jokowi-Ma'ruf mendapat 823.939 suara. Total suara yang masuk sebanyak 2.382.103 dengan suara sah sebesar 2.294.102 dan suara tidak sah 88.001.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saham Uber Tergelincir Saat Pencatatan Perdana

Posted: 12 May 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, New York - Hampir dua tahun, Uber berlomba membangun jajaran direksinya, merombak budaya internal dan memperbaiki merek untuk mempersiapkan lepas saham ke publik pada 2019.

Namun, usaha itu tidak cukup untuk menjamin antusiasme investor di wall street. Saham Uber turun lebih dari tujuh persen pada hari pertama perdagangan Jumat waktu New York. Pencatatan saham Uber di wall street tak begitu menggembirakan. Sebelumnya perseroan sudah alami guncangan.

Harga saham Uber dibuka turun ke posisi USD 42 per saham. Angka ini di bawah harga initial public offering (IPO) di kisaran USD 45. Saham Uber pun ditutup di posisi USD 41,57.

Performa hari pertama yang mengecewakan membuat Uber berbeda dari sebagian besar perusahaan teknologi.

Dalam lima tahun terakhir, hanya 10 persen IPO perusahaan teknologi AS yang didukung oleh modal ventura menyelesaikan hari pertama pencatatan di zona merah. Hal itu berdasarkan data Renaissance Capital yang diberikan kepada CNN.

Uber berhasil mengumpulkan dana USD 8,1 miliar usai IPO. Akan tetapi, jumlah itu masih di bawah yang direncanakan oleh Uber.

Pencatatan saham perdana Uber terjadi di tengah pekerja yang mogok, kerugian yang tajam dalam industri perjalanan, dan kekhawatiran perang dagang terhadap Amerika Serikat dan Cina. Demikian mengutip laman CNN Money, Senin (13/5/2019).

Selama dekade terakhir, Uber muncul sebagai salah satu bagian dari generasi perusahaan rintisan teknologi yang mengumpulkan dan kehilangan jumlah uang yang belum pernah terjadi sebelumnya sambil hindari go public selama mungkin.

 

Perubahan Internal di Uber

Agen dari Inspektorat Lingkungan dan Transportasi negara menyita catatan administrasi dari perusahaan Uber.

Tak hanya Uber, saingan utamanya Lfyt juga sahamnya tertekan sejak go public pada akhir Maret. Saham Lyft turun di bawah harga IPOnya pada hari kedua perdagangan. Saham Lyft sudah turun sekitar 25 persen dari harga IPO.

Seperti Lyft, Uber memilih sejarah karena subsidi biaya perjalanan dan investasi dalam beragam pilihan di sektor transportasi. Uber kehilangan USD 1,8 miliar pada 2018, lebih banyak dari pada perusahaan rintisan AS mana pun sebelum go public.

"Sungguh menakjubkan apa yang telah Uber bangun, tetapi mereka masih belum selesai melakukannya. Mereka telah mensubsidi bisnis," ujar Principal Reinassance Capital, Kathleen Smith.

Ia menuturkan, perusahaan teknologi yang lepas saham ke publik dalam beberapa tahun terakhir alami kerugian besar termasuk Lyft dan Snap yang saat ini harga sahamnya tidak diperdagangkan di atas harga IPO.

Uber diluncurkan pada 2009 yang bertujuan untuk meawarkan mobil pribadi sesuai permintaan cukup dengan membuka aplikasi di ponsel cerdas Anda.

Dalam dekade itu, Uber melibas saingannya. Dalam perjalanannya, Uber telah membuat bisnis taksi tidak stabil, menjadi startup AS paling berharga dan menjadi kesayangan silicon valley.

Investor pertama Uber terbuka tentang perjalanannya. Akan tetapi berubah sejak 2017. Saat itu, mantan insinyur Uber Susan Fowler mengguncang perusahaan dengan tuduhan pelecehan. Investigasi internal mengungkapkan budaya kantor yang ceroboh dan eksekutif memiliki kekuatan tidak terkendali.

Travis Kalanick, salah satu pendiri Uber kemudian menjadi CEO mengakui bahwa ia perlu "tumbuh" setelah tertangkap kamera berdebat dengans eorang pengemudi Uber.

Kalanick akhirnya digulingkan pada Juni 2017. Saat itu, Uber beroperasi tanpa CEO, CFO, COO dan CMO. Uber menggantikan Kalanick dengan Dara Khosrowashahi, seorang eksekutif berpengalaman yang sebelumnya menjalankan Expedia.

Ia dengan cepat menekankan kalau Uber harus berubah. "Apa yang membuat kita di sini bukanlah apa yang akan membawa kita ke tingkat berikutnya," ujar dia.

Sejak itu, ia telah mengubah norma budaya perusahaan yang sekarang mencakup prinsip "We Do The Right Thing".Di bawah Khosrowashahi, Uber juga mempertimbangkan kembali upaya untuk beroperasi di seluruh dunia.

"Salah satu bahaya potensi strategi global kami adalah melakukan terlalu banyak pertempuran dan banyak pesaing," ujar dia.

 

Minggu yang Buruk untuk IPO

Sopir taksi online Uber membawa sejumlah poster saat berdemonstrasi di luar markas Uber di San Francisco, AS, Rabu (8/5/2019). Aksi protes ini terjadi menjelang penjualan saham perdana atau IPO Uber pada Jumat, 10 Mei 2019. (AP Photo/Eric Risberg)

Setelah langkah mengubah bisnis dan go public, Uber menemui masalah berbeda. Pada pekan lalu, Presiden AS Donald Trump mengejutkan investor dengan mengancam akan mengenakan tarif lebih tinggi kepada China.

Pasar pun bergejolak di tengah kekhawatiran perang dagang yang meningkat antara AS dan Cina. Kemudian pada Selasa, Lyft melaporkan laporan pendapatan kuartal I yang alami rugi lebih dari USD 1 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Muda di Banten Ditemukan Tewas Tanpa Busana di Apartemen

Posted: 12 May 2019 10:06 PM PDT

Patroli, Banten - Di Tower C apartemen yang berada di Karawaci, Banten, seorang wanita muda ditemukan tewas pada Minggu 12 Mei petang.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (13/5/2019), tubuh korban ditemukan tidak mengenakan busana, sementara tangan dan kakinya terikat kain sprei. Dari pemeriksaan luar terdapat bekas jeratan di lehernya.

Korban diketahui berinisal S yang menyewa salah satu unit di apartemen ini.

Polisi meminta keterangan kekasih korban yang pertama kali menemukan jenazah itu. Sementara, jasad S kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang untuk diautopsi.

Keluarga S yang berasal dari Desa Pasir Panjang, Pandeglang, Banten, tidak menduga wanita berusia 19 tahun itu akan tewas dalam keadaan mengenaskan. Karena selama ini korban mengaku bekerja di sebuah warung makan di kawasan Tangerang.

Setelah diautopsi, jenazah korban dibawa ke Pandeglang untuk dimakamkan keluarganya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Dapatkan Ponsel, Wanita Ini Nekat Masuk Kandang Badak

Posted: 12 May 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liburan menjadi hal wajib yang perlu kamu lakukan. Karena dengan liburan, pikiran dan energimu akan terisi kembali. Banyak destinasi tempat liburan yang mengasyikan untuk menyegarkan pikiranmu. Salah satunya ialah mengunjungi kebun binatang.

Di kebun binatang, kamu akan banyak melihat hewan-hewan. Salah satu hewan yang menjadi daya tarik kebun binatang ialah badak. Badak termasuk hewan yang kini mulai langka. Hewan berbadan besar berkulit tebal tersebut memang penampakannya sangat mengerikan dengan tanduk yang ada di atas kepalanya.

Namun apa jadinya kalau wisatawan ada yang terjebak di dalam kandang badak di kebun binatang? Ya hal semacam itu baru saja terjadi, ada wisatawan yang nekat masuk kandang badak hanyak untuk mengambil ponselnya.

Aksi wisatawan masuk kandang badak ini dilansir Liputan6.com, Senin (14/5/2019) dari Mirror.co.uk sebagai berikut.

Kronologi Kejadian

Demi Dapatkan Ponsel, Wanita Ini Nekat Masuk Kandang Badak (sumber: mirror.co.uk)

Aksi tidak terpuji baru saja dilakukan seorang wanita berusia 40 tahun di La Pastora Ecological Park, Nuevo Leon, Meksiko. Wanita yang mengunjungi kebun binatang tersebut dengan nekat masuk ke kandang badak. Aksi tidak terpujinya dilakukan karena handphone miliknya terjatuh di kandang badak.

Tanpa pikir panjang, wanita ini mengambil handphone dengan turun ke kandang badak. Melihat ada orang asing yang masuk kandangnya, badak tersebut merespons dengan mendekati wanita tersebut.

Badak yang terlihat menghampiri wanita ini, kemudian sontak membuat wanita tersebut panik dan segera naik. Beruntung wanita tersebut tidak telat naik dan berhasil selamat dari badak.

Hukuman yang di dapat wanita tersebut

Aksi nekat wanita tersebut mendapat kecaman dari pihak kebun binatang. Pasalnya bisa saja akibat ulahnya, akan menimbulkan korban jiwa. Menurut petugas kebun binatang, badak memiliki temperamen yang cenderung tenang. Walaupun terlihat tenang, tapi badak aslinya terlihat marah.

Dengan aksi wanita turun ke kandang bapak ini akan dihukum dengan tidak boleh mengunjungi kebun binatang tersebut seumur hidup. Meski diberi hukuman seperti itu, tapi wanita ini lega karena tidak dilaporkan oleh pihak kebun binatang.

Video wisatawan masuk kandang hewan

Aksi wanita ini sukses bikin geleng kepala. Untung saja wanita ini selamat tanpa cedera apapun. Namun aksi wanita tersebut bukanlah pertama kali ada. Ada banyak kejadian di mana wisatawan masuk ke kandang hewan di berbagai kebun binatang di dunia seperti video-video berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Ditiru, Gaya Membonceng Anak yang Tidak Wajar

Posted: 12 May 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Membawa anak saat bepergian menggunakan sepeda motor merupakan hal yang wajar. Namun, jika caranya tidak wajar justru terlihat aneh.

Tengok saja foto yang diunggah oleh akun Instagram @meme.comic.indonesia beberapa waktu lalu. Dalam gambar tersebut tampak aksi kocak orang tua saat membonceng anaknya.

Saat biasanya penumpang duduk di atas jok, orang tua ini justru memasukkan anaknya ke dalam bagasi motor.

Anehnya lagi, si pengendara juga duduk di dalamnya. Dengan demikian tentu joknya akan terbuka lebar dan berada di depannya.

Sayangnya tidak ada keterangan terkait motivasi dan identitas orang itu. Yang jelas, cara ini sangat tidak dianjurkan untuk ditiru.

Sumber: Otosia.com

 

Keren, Modifikasi Motor Brawler Khusus Anak-Anak

Sepasang suami istri, Max dan Erica Droog rupanya sangat kompak mencintai dunia modifikasi. Pemilik situs Droog Moto ini baru-baru ini menjadi perbincangan berkat hasil karya modifikasi yang unik dan nyentrik.

Bagaimana tidak, Max dan Erica telah membuat motor yang disebut Mini Brawler. Mengapa ada kata Mini? Karena motor ini diambil dari basis Honda Monkey Z50R. Demikian disitat bikebound.com, Kamis (27/9/2018).

 

 
 

 

Menurut mereka Mini Brawler ini merupakan replika dari versi Brawler yang telah mereka modifikasi sebelumnya. Jika dilihat, Brawler versi dewasa mengombinasikan gaya scramble dan fighter. Adapun motor yang digunakan untuk membuat Brawler dewasa yaitu Kawasaki Ninja 650.

Kembali lagi pada Mini Brawler, tentunya bahan yang digunakan akan sangat berbeda dengan motor orang dewasa.

Basis Honda Z 50

Lihat saja, pada bagian setang mencomot dari sepeda BMX bocah. Selain itu, ubahan lainnya pada tangki yang dimodif secara handmade dengan dimensi kecil. Ada juga jok kustom yang dibuat tangan.

Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan suspensi depan dan belakang dipertahankan bawaan dari Honda Z50. Agar terlihat sangar, bagian kaki-kaki telah dibalut dengan ban tahu berukuran kecil.

Untuk jantung pacu, tak ada perubahan. Mereka tetap mempertahankan mesin empat langkah berkapasitas 50 cc bawaan Honda Z 50.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Ibu Internasional, Veronica Tan Dapat Hadiah Manis dari Putranya

Posted: 12 May 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Ibu di Indonesia biasanya dirayakan pada 22 Desember setiap tahunnya. Sementara, untuk Hari Ibu internasional jatuh pada 12 Mei yang diperingati oleh sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, hingga Selandia Baru.

Bertepatan dengan momen manis tersebut, putra Ahok, Nicholas Sean pun mempunyai kejutan manis untuk sang ibunda, Veronica Tan. Ia memberikan buket bunga cantik.

Unggahan bareng ibunda diabadikan Nicholas melalui akun Instagram pribadi @nachoseann. Potret itu menampilkan Nicho dalam balutan kaus putih dengan keterangan Se-Indonesia di bagian dada kiri kaus.

Rambut Nicholas juga tertata dengan rapi. Ibu dan anak ini terlihat tersenyum manis ke arah bidikan kamera. Veronica pun memeluk buket bunga yang didominasi pink tersebut dengan wajah semringah.

"Without messy hair this year. happy mother's day!! Thank @floweruna.atelier atas rekomendasi bunga yang cocok untuk diberikan kepada mama," tulis putra sulung Veronica Tan itu.

Penampilan Veronica Tan saat Hari Ibu

Veronica Tan dapat hadiah bunga dari putranya Nicholas Sean di Hari Ibu. (dok. Instagram @nachoseann/https://www.instagram.com/p/BxWvoH0lLh0/Putu Elmira)

Sementara di momen Hari Ibu, Veronica Tan mengenakan atasan lengan panjang dengan bahan transparan warna broken white. Pada bagian tengah terlihat motif bunga-bunga hingga garis menghiasi.

Lalu pada pergelangan tangan, bahan lace dengan beragam motif membalut atasan cantik tersebut. Sentuhan aksesori seperti kalung emas dan giwang melengkapi penampilannya.

Tak ketinggalan, Veronica juga mengikat rambut pendeknya. Polesan makeup natural dipadu dengan lipstik paduan warna pink nude membuatnya tampil anggun dan elegan. Ia pun memeluk buket bunga berpita abu-abu pemberian sang putra.

Potret kebersamaan Veronica dan Nicholas tentu menjadi sorotan warganet. "Happy mother's day Bu Veronica Tan. Sehat selalu. Semakin cantik," tulis akun chrdwi3. "Selamat hari ibu bu Veronica hormat saya untuk anda," lanjut akun susansuhermin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Chat Nyeleneh Keluarga, Sukses Bikin Terus Tertawa

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak sekali orang yang merasa bangga bisa memiliki teman yang seru dan satu pikiran. Kedekatan mereka pun terkadang ditunjukkan melalui obrolan di dalam chat.

Namun, tak selalu dengan teman, ada juga kebanggaan tersendiri apabila memiliki sebuah keluarga yang humoris. Terkadang, candaan bersama keluarga pun tak kalah seru dan asyik, lo! Seperti yang terlihat dalam sebuah twit dari akun Twitter @askmenfess ini.

Sang pengirim twit menantang warganet untuk memamerkan cuplikan obrolan mereka bersama dengan keluarganya. Tak butuh waktu lama, twit tersebut pun langsung mendapatkan banyak respons dari warganet.

Berikut Deretan Respons Warganet:

1. Kasihan Mama Pakai Jam Dinding

2. Waduh Disuruh Cabut Sama Ayah

3. Itu Salah Emoji, Pah

4. Apa yang di-Like, Pa?

 

Respons Lainnya

Sumber: twitter.com/frostypuff_

5. Siap, Ayah!

6. Lanjutkan, Mah!

7. Miskomunikasi Berakibat Fatal

8. Instingnya Kuat, ya

9. Kirain Tebak-tebakan

10. Hipnotisnya Sukses Nggak, Mah?

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencari Kesejukan Lantai Masjid Agung Baiturrahim Gorontalo Saat Ramadan

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Seperti biasa, selama bulan Ramadan, sering kali fungsi masjid tidak sebatas digunakan untuk beribadah saja, tetapi juga sebagai tempat istirahat oleh masyarakat yang tengah berpuasa.

Pemandangan seperti ini yang terjadi di dalam Masjid Agung Baiturahim Kota Gorontalo. Banyak masyarakat yang beristirahat setelah mereka melaksanakan Salat Zuhur.

Pantauan Liputan6.com, Minggu, 12 Mei 2019. Memasuki hari delapan Ramadan. Tak heran banyak warga yang memilih beristirahat di masjid. Apalagi bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan seperti di pasar, jalanan, dan lainnya, beristirahat di masjid tentu menjadi pilihan terbaik untuk mereka.

Jika biasanya suasana masjid langsung lengang selepas salat Zuhur, berbeda dengan bulan Ramadan ini yang tetap ramai oleh jemaah. Mereka beristirahat sejenak sebelum kembali untuk beraktivitas. Ada yang sambil baca Alquran, ada yang tidur, dan ada bersenda gurau bersama teman sambil bermain gim.

Menurut Iman Tangahu (48), salah seorang warga Kota Gorontalo, dirinya sering memanfaatkan ruangan besar Masjid Agung Baiturahim untuk beristirahat.

Dia memilih istirahat di sini karena suasana di tempat tersebut sangat nyaman dan sejuk pada siang hari. Banyak orang yang beristirahat di masjid saat menjalani puasa Ramadan.

"Di saat bulan puasa seperti ini, memang paling enak beristirahat di masjid. Ketika selesai Salat Zuhur, saya bisa tidur-tiduran sambil menunggu masuknya waktu Salat Ashar," tutur Canwar.

Sementara itu, anggota jemaah lainnya menjelaskan pada bulan Ramadan yang penuh berkah dan limpahan rahmat ini, ia selalu memanfaatkan waktu melakukan dan memperbanyak amal ibadahnya, salah satunya dengan mengaji.

"Karena saya ingin benar-benar memanfaatkan bulan Ramadan ini dengan beribadah, makanya sambil menghabiskan waktu istirahat saya isi dengan mengaji. Setelah selesai mengaji, barulah saya kembali melakukan aktivitas saya seperti biasanya," seorang warga menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Memilih Makanan untuk Cegah GERD di Saat Berpuasa

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Orang dengan maag ataupun GERD (gastro-esophageal reflux disease) juga harus berhati-hati ketika melaksanakan ibadah puasa. Khususnya dalam pemilihan makanan saat sahur dan berbuka.

"Secara umum, orang dengan GERD harus menghindari makanan yang saat dikonsumsi tinggal lebih lama dalam lambungnya dan bikin begah," kata Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik dalam sebuah temu media di Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Senin (13/5/2019).

Salah satunya adalah makanan yang berminyak. Juwalita mengatakan, jenis hidangan yang banyak minyak akan tinggal di lambung lebih lama dan bisa kembali ke kerongkongan.

"Jadi, diusahakan agar makanannya tidak tinggi lemak," kata dokter yang berpraktik di Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah ini.

Hati-hati Konsumsi Makanan

Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Asam Lambung / Sumber: iStockphoto

Untuk makanan lainnya, Juwalita mengatakan bahwa tidak ada bedanya dengan orang dengan kondisi tertentu lainnya. Pilihlah makanan dengan karbohidrat kompleks. Sementara, untuk buah dan sayuran, setiap individu bisa berbeda-beda.

"Tidak semua orang dengan GERD akan mendapatkan diet yang sama," kata Juwalita menjelaskan. Menurutnya, orang-orang dengan masalah lambung harus memiliki daftar makanan karena tidak semua orang memiliki respon sama terhadap satu makanan.

Dalam pengamatannya, beberapa buah dan sayur yang dia temukan kerap membuat seseorang mengalami keluhan pada orang dengan GERD adalah apel, pisang, nanas, tomat, brokoli.

"Tapi itu semua tetap harus diperlakukan secara individual, tidak sama. Kalau tidak bisa, coba ditulis. Jadi jangan sampai orang dengan maag atau GERD bingung mau makan apa."

Untuk porsi, kala berbuka puasa, jangan langsung mengonsumsi makan besar. Hidangan besar bisa dikonsumsi di malam hari. Selain itu, jangan lupa makanan ringan untuk selingan selama malam hari.

Juwalita juga mengingatkan agar orang dengan masalah lambung berhati-hati saat mengonsumsi minuman seperti kopi dan teh. Hal ini agar asam lambung tidak mudah naik.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini:

Lakukan Ini Agar Bibir Tak Kering Selama Puasa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penting, Ini Peran Istri saat Ramadan

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di tengah padatnya rutinitas sehari-hari, sosok istri harus mampu membina keharmonisan keluarga. Salah satunya di saat Bulan Ramadan ini. Seorang istri harus memberikan peran ekstra bagi keluarganya.

 Peran seperti apakah itu?

Para wanita, inilah peran penting istri saat Ramadan yang tak boleh diabaikan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Menyiapkan Menu Makanan Selama Ramadan

Tanpa disuruh sekalipun, setiap orang bisa mengambil makanan dan minumannya sendiri. Tapi, bagaimana dengan menyiapkan makanan?

Apakah semua orang bisa melakukannya? Belum tentu, justru dalam situasi seperti inilah peran seorang istri sangat dibutuhkan.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama Ramadan juga tidak boleh sembarangan. Istri harus memastikan kualitas makanan, sehingga anggota keluarga yang menyantapnya tidak sakit perut atau diare.

2. Memastikan Keuangan Keluarga Aman Terkendali

Pendapatan sebesar apapun kalau tidak dikelola dengan baik pasti jumlahnya akan selalu kurang. Tapi dengan peran istri, pendapatan sekecil apapun bisa saja cukup atau malah bersisa, sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan lain.

Apalagi selama Ramadan, kebutuhan hidup itu meningkat dua kali lipat daripada bulan biasanya. Bukan hanya untuk membeli bahan makanan sahur dan berbuka, tapi juga membeli baju lebaran. Bila tidak dikelola secara teliti, pendapatan bisa cepat ludes atau bahkan minus.

3. Bertanggung Jawab atas Kesehatan Keluarga

Saat suami atau anak sakit, siapa yang akan bertanggung jawab mengurusinya? Sudah pasti seorang istri, bukan?

Maka dari itu, istri perlu memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi oleh keluarga selama bulan puasa. Sehingga anggota keluarga terhindar dari bibit penyakit.

Bila anggota keluarga sakit, istri juga yang akan kerepotan mengurusinya. Akibatnya, pekerjaan istri menjadi berkali-kali lipat lebih banyak selama bulan puasa.

Sebelum hal ini menimpa, maka seorang istri perlu memikirkan cara terbaik untuk mengantisipasi datangnya penyakit.

4. Menciptakan Suasana yang Tenang dan Nyaman

Tips jelang Ramadan./Copyright shutterstock.com

Jika suami berperan untuk mencari nafkah, maka istri berperan untuk menciptakan suasana tenang dan damai di dalam sebuah keluarga. Segala perkelahian, amarah, dan pengaruh negatif harus segera dihilangkan sebelum menjadi toxic bagi keharmonisan keluarga.

Menciptakan ketenangan tentu saja membutuhkan strategi, khususnya saat menghadapi anak kecil. Bayangkan jika anak rewel, suasana di dalam rumah seketika berubah menjadi riuh dan tidak menyenangkan, bukan?

5. Mampu Meringankan Beban Suami

Seorang suami tentunya tidak perlu memikirkan pekerjaan rumah setelah pulang kerja nanti. Sebab, semua pekerjaan rumah sudah diambil alih oleh sang istri.

Mulai dari membersihkan rumah, melipat kain atau pakaian, menyiapkan menu berbuka, hingga membantu anak mengerjakan tugas sekolah, dan lainnya.

Boleh saja jika suami ingin membantu istri mengerjakan tugas rumah selepas kerja. Tapi kalau sudah terlanjur capek, suami bisa beristirahat sejenak sebelum menikmati momen seru bersama keluarga di malam hari.

6. Meredam Amarah di Tengah Keluarga

Pertengkaran di dalam keluarga memang tidak bisa dihindari. Bukan hanya pertengkaran antara suami dan istri, tapi juga suami dan anak.

Sebelum situasi semakin memanas, istri harus berusaha mencari cara untuk meredam pertengkaran tersebut. Cara yang paling umum digunakan adalah melerai.

Tidak berhenti sampai disitu, istri juga harus mampu mengingatkan suami dan anak akan dampak bertengkar di bulan puasa. Sehingga keduanya mau berdamai dan suasana tenang serta damai pun kembali tercipta di tengah-tengah keluarga.

7. Mengurus Suami dan Anak-Anak

Istri yang cakap tidak hanya pintar mengurus dirinya sendiri, tapi juga mengurus suami dan anak. Mulai dari menyiapkan pakaian suami sebelum bekerja, membangunkan anak sekolah, menyusui anak jika masih punya bayi, menyiapkan menu sahur, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan ini tentu saja menguras banyak tenaga. Tapi seorang istri harus mau melakukannya dengan tulus dan ikhlas, sehingga pahala yang didapatkan di Bulan Ramadhan semakin bertambah besar.

Jadikan Ramadan sebagai Momen untuk Introspeksi Diri

Keutuhan sebuah keluarga tidak akan bisa terjaga tanpa bantuan seorang istri. Maka dari itu, jangan pernah meremehkan perannya dalam hal apapun.

Sebagai istri idaman, jalankan peran dalam keluarga sebaik-baiknya. Sehingga keharmonisan keluarga tetap terjaga. Lakukan introspeksi diri di momen Ramadan ini dan lakukan yang terbaik untuk keluarga tercinta.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbusana Syari, Celine Evangelista Ungkap Agama yang Dipeluknya

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini penampilan Celine Evangelista ramai diperbincangkan. Dalam sebuah acara berbuka puasa, istri Stefan William ini tampil mengenakan busana syari lengkap dengan hijabnya.

Sejumlah orang mungkin bertanya-tanya, apakah Celine Evangelista sudah menjadi mualaf? Melalui saluran YouTube-nya, ibu dari tiga orang anak ini memberi penjelasan.

"Banyak yang bertanya-tanya juga, 'Kak celine kamu sekarang mualaf?' Jawabannya untuk saat ini aku masih mengimani agama yang aku anut dari lahir, yaitu Katolik," imbuh Celine Evangelista dalam video yang diunggah pada Sabtu (11/5/2019) itu.

Dan alasan Celine Evangelista mengenakan hijab adalah karena ia merasa nyaman. Ia juga ingin menghormati lingkungannya yang beragama muslim di bulan suci Ramadan.

 

 

Menghargai

celine evangelista

"Aku juga bingung deh mau ngucapinnya gimana, tapi aku ngerasa nyaman menutup aurat. Dan setelah aku bertanya-tanya sama teman-teman aku yang sudah hijrah, sama teman-teman aku yang muslimah, dan aku konsultasi sama ustaz," ungkap dia.

"Alhamdulillah semua enggak ada masalah. Malah itu adalah niatan yang baik. Malah Insyaallah dapat pahala karena mau menghargai umat muslim lainnya dan semua yang berpuasa," sambung Celine Evangelista.

Respons Positif

(Instagram/celine_evangelista)

Celine Evangelista juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah merespons positif penampilannya. ia bersyukur karena tak ada pihak yang menghakimi.

"Buat teman-teman semua terima kasih atas ucapan yang baik-baik. Terima kasih atas doa yang baik-baik," tandas bintang sinetron tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Robin van Persie Resmi Gantung Sepatu

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Robin van Persie mengakhiri karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola. Mantan pemain Manchester United dan Arsenal itu memutuskan gantung sepatu di usia 35 tahun. 

Pertandingan terakhir Van Persie berlangsung, Minggu (13/5/2019). Sayang duel perpisahan ini tidak berakhir dengan kemenangan. Sebaliknya, Feyenoord, tim yang kembali diperkuat Robin Van Persie sejak Januari 2018 tersebut dipaksa menyerah 0-2 oleh ADO Den Haag. 

Feyenoord sebenarnya masih akan tampil pada final Piala KNVB, Rabu ini. Namun Van Persie yang mengemas 16 gol dari 25 laga musim ini memutuskan tidak tampil. Duel ini semula dijadwalkan pada 28 April, tapi diundur demi memberi kesempatan kepada Ajax Amsterdam mempersiapkan diri menghadapi Tottenham Hotspur di Liga Champions Eropa. 

Van Persie merupakan salah satu striker terbaik yang dimiliki Belanda. Sampai saat ini, Van Persie masih top scorer sepanjang masa Belanda dengan torehan 50 gol dari 102 laga. 

Dia ikut ambil bagian saat Belanda lolos ke final Piala Dunia 2010. Van Persie juga masih dipercaya menjadi ujung tombak tim Oranye empat tahun kemudian. Pada Piala Dunia yang berlangsung di Brasil tersebut, Belanda hanya mampu finis di urutan ketiga.

 

 

Kiprah di Klub

Robin Van Persie dibeli MU dari Arsenal dengan harga 22,5 juta poundsterling. Penyerang Belanda itu menjadi salah satu pilihan terbaik Sir Alex sebelum dirinya pensiun dari MU. (AFP/Andrew Yates)

Pada tahun 2004 lalu, Van Persie meninggalkan klub masa kecilnya, Feyeenord untuk bergabung dengan Arsenal. Namun selama delapan musim memperkuat The Gunners, pemain kelahiran 6 Agustus 1983 itu hanya merasakan satu gelar bergengsi, yakni Piala FA. 

Dia kemudian pindah ke Manchester United (MU) pada tahun 2012. Bersama Setan Merah, Van Persie akhirnya merasakan gelar Premier League di musim terakhir Sir Alex Ferguson. 

Sebelum kembali memperkuat Feyeenord sejak Januari 2018 lalu, Van Persie sempat memperkuat tim Turki, Fenerbahce selama tiga musim sejak 2015. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pemilu Filipina Dimulai, Bagaimana Nasib Duterte?

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Filipina hari ini menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu 2019. Sejak pukul 06.00 TPS sudah dibuka untuk warga. Lalu bagaimana nasib Duterte di pemilu kali ini?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inikah Akhir Drama Penggusuran Tambakrejo Semarang?

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Semarang - Penggusuran Tambakrejo oleh Pemerintah Kota Semarang menunjukkan tanda-tanda berakhir. Minggu, 12 Mei 2019 terjadi pertemuan antara warga Tambakrejo, Wali Kota Semarang, dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana di ruang Lokakrida, Gedung Moch. Ichsan, Balaikota Semarang.

Dimulai sejak sekitar pukul 16.00, diikuti pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua MUI Jawa Tengah K.H. Ahmad Darodji, Kepala BBWS Pemali Juana Rubhan Ruzziyanto, dan Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi membuka dialog dengan penjelasan kronologi peristiwa itu. Hendi menyebut sebagai kegiatan penertiban hunian liar dan bukan penggusuran. Kegiatan itu sudah disosialisasikan sejak awal 2018.

"Ini bukan peristiwa yang tiba-tiba, sudah tersosialisasi hampir dua tahun lebih, tepatnya 20 Januari 2018 kita sudah sampaikan kepada masyarakat," kata Hendi.

Atas pilihan istilah penertiban hunian liar itu, tak ada reaksi berlebihan dari warga. Mereka tak mempersoalkan penggusuran Tambakrejo dengan istilah lain. Menurut Rohmadi alasan keengganan warga Kampung Tambakrejo untuk pindah adalah karena tanah urugan di area Kalimati sebagai tempat baru belum siap.

"Berpedoman pada kesepakatan bulan Desember, bahwa warga bersedia dipindahkan ke kali mati dan Pemerintah Kota Semarang serta BBWS juga sepakat untuk menguruk dan menyediakan lahan di Kalimati," kata Rohmadi.

Dijelaskan oleh Rohmadi, bahwa masyarakat justru mendorong BBWS agar segera menguruk. Warga Tambakrejo sendiri sudah menanti pengurukan itu agar bisa segera pindah.

"BBWS tidak mengantisipasi bahwa material pengurukan itu berupa lumpur, jadi memakan waktu memakan biaya dan sebagainya," kata Rohmadi.

Hendi kemudian menyebutkan bahwa molornya pengurukan dan penertiban itu sengaja dilakukan usai pemilu. Tujuannya untuk menghindari penumpang gelap yang bisa mempolitisir.

"Saya ditanya oleh Pak Dody (BBWS), saya bilang masih fase kampanye nanti banyak penumpangnya," kata Hendi.

Hendi juga mengaku sudah mendesak BBWS untuk segera menyelesaikan urugan. Namun ia mendapat laporan bahwa operator diancam warga dan peralatan dilempari warga, sehingga tidak berani jalan.

Akhirnya yang terjadi adalah penggusuran Tambakrejo yang diistilahkan dengan penertiban hunian liar.

Simak video kronologi penggusuran Tambakrejo berikut ini:

 

Kesepakatan Lama

Seorang bocah sambil membawa sebotol air putih mencari tempat untuk tidur di ruang terbuka dan tenda sementara meski sudah tengah malam. (foto: Liputan6.com / edhie prayitno ige)

Karena pembongkaran rumah warga sudah dilakukan, sementara urugan di wilayah Kalimati juga belum selesai, mereka sepakat untuk mencari jalan keluar. Warga meminta wilayah Kalimati yang sudah diurug agar segera dibangun barak.

"Untuk kebutuhan hunian sementara kami, untuk kenyamanan anak kita sekolah, atau aktifitas ke laut," kata Riyanto, warga lainnya.

Dengan adanya kesepakan tersebut, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara kemudian mengapresiasi adanya pertemuan yang dilakukan. Beka menyebut bahwa Komnas HAM akan ikut mengawasi pelaksanaan di lapangan.

"Karena sudah kesepakatan, kami meminta komitmen dari kedua belah pihak," kata Beka.

Sebenarnya kesepakatan ini bukanlah kesepakatan baru. Kesepakatan yang sama sudah dilakukan pada bulan Desember 2018. Namun karena daerah Kalimati belum diurug dan masih berupa genangan air, maka warga tidak segera membongkar bangunannya.

Atas hal itu, BBWS selaku pemilik proyek kemudian meminta Pemerintah Kota Semarang segera mengosongkan daerah tersebut. Satpol PP Kota Semarang kemudian langsung membongkar bangunan yang ada tanpa memberi ruang diskusi lebih lanjut.

Kasus penggusuran kampung Tambakrejo ini mirip dengan kasus penggusuran di kampung Kebonharjo. Pemerintah Kota Semarang kemudian memindahkan warga Kebonharjo ke rumah susun Kudu.

Dalam perkembangannya, warga Kebonharjo banyak yang diusir dari rumah susun Kudu atau ditolak. Selengkapnya bisa dibaca di tautan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Review Galaxy A50: Hasil Kamera Oke, Grafis Tinggi Saat Main PUBG

Posted: 12 May 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung banyak merilis smartphone kelas menengahnya di Indonesia tahun ini, pasar ini tampaknya masih sangat menjanjikan buat vendor smartphone asal Korea Selatan ini.

Salah satu perangkat kelas menengah yang belum lama ini diboyong Samsung ke Indonesia adalah Galaxy A50. Perangkat ini menawarkan desain yang tipis dan penuh gaya, tiga kamera utama, RAM dan memori yang lega, hingga prosesor berkinerja tinggi.

Tekno Liputan6.com kebagian mengulas perangkat Galaxy A50 berwarna biru yang memiliki RAM 4GB dan memori internal 64GB. Berikut adalah hasil ulasan singkatnya.

1. Layar dan Desain

Galaxy A50 menawarkan desain minim bezel di layar Super-AMOLED seluas 6,4 inci dengan resolusi full HD+. Samsung menerapkan desain Infinity U untuk Galaxy A50 dengan notch kecil berbentuk U pada bagian atas layar untuk kamera selfie. Kemudian di atas kamera selfie terdapat earpiece.

Kamera selfie Galaxy A50 dengan resolusi 25MP (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Dengan layar luas yang minim bezel, para pengguna bisa lebih puas saat menikmati konten video, terlebih Galaxy A50 punya aspek rasio 19,5:9. Layar Super AMOLED membuat tampilan yang tampak di layar smartphone jadi lebih terang, jernih, dan memanjakan mata.

Beralih ke bodi belakang, perangkat ini hadir dengan bodi yang mirip dengan material kaca mengkilap, namun sesungguhnya terbuat dari polycarbonate.

Bodi belakang Samsung Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Pada bodi belakang sebelah kiri atas, terdapat tiga kamera utama lengkap dengan LED flash. Tidak ada tombol sidik jari pada bagian belakang smartphone karena, pemindai sidik jari ditempatkan di layar.

Kemudian pada tiap sisinya, bagian kanan Galaxy A50 dibekali tombol Power (yang bisa berfungsi sebagai tombol Bixby) dan di atasnya terdapat tombol volume.

Sisi kanan Samsung Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lalu, pada sisi kiri smartphone terdapat slot SIM Card yang dapat dibuka dengan SIM Card ejector. Samsung menyiapkan dua ruang untuk SIM Card dan sebuah ruang untuk menyimpan kartu memori MicroSD Card.

Sisi kiri Samsung Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

SIM Card Tray pada Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kemudian, di bodi bawah smartphone, Samsung menempatkan port USB tipe C untuk mengisi daya yang diapit oleh jack 3,5mm untuk earphone, serta sebuah speaker.

Satu hal yang jadi keunggulan Galaxy A50 adalah bodinya yang ramping dan bobot yang ringan sehingga cukup nyaman ketika digenggam. Sayang, bodi Galaxy A50 terbilang licin sehingga pengguna perlu memakai casing agar tak mudah terjatuh. 

Sisi bawah Galaxy A50, terdapat jack headphone 3,5mm, port USB tipe C, dan sebuah speaker (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Performa

Samsung Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy A50 didukung dengan prosesor Exynos 9610 octa-core, yang memiliki kecepatan hingga 2.3GHz. Kinerja Galaxy A50 juga didukung dengan opsi RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Berdasarkan penggunaan, paduan prosesor dan spesifikasi di atas mampu menghadirkan pengalaman yang baik. Artinya, selama pemakaian, smartphone menjalankan kinerja yang baik, tidak nge-lag, dan perpindahan antar aplikasipun bisa dilakukan dengan gesit.

Selain menguji berdasarkan penggunaan sehari-hari, kami juga melakukan pengujian benchmark dengan aplikasi AnTuTu benchmark. Hasilnya, Galaxy A50 dengan prosesor dan RAM di atas menghasilkan skor 140 ribuan poin.

AnTuTu Benchmark Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Lalu saat diuji benchmark work performance dengan aplikasi PC Mark, tercatat skor yang diperoleh adalah 5874 poin.

Pengujian Work Performance pada Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kami juga menguji performa Galaxy A50 dengan gim kelas berat yang tengah digandrungi, yakni PUBG Mobile. Berbekal prosesor tersebut, saat pertama main, kami langsung diarahkan ke pengaturan grafis High.

Menjajal gim PUBG Mobile di Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Saat dipakai untuk bermain pun lancar-lancar saja, tidak ada kendala seperti perangkat nge-lag dan sebagainya.

Beralih ke sistem operasi, Samsung membenamkan OS Android Pie 9.0 dan antarmuka One UI terbaru yang membuat navigasi perangkat jadi lebih mudah.

Tampilan One UI Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Baterai dan Keamanan Biometrik

Fingerprint di layar pada Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Selanjutnya, Galaxy A50 dibekali baterai 4.000mAh dan dukungan pengisian daya cepat 15 watt. Proses pengisian daya pun bisa selesai selama satu jam lebih sedikit. Saat dipakai, konsumsi daya baterai juga cukup tahan hingga penggunaan seharian.

Beralih ke fitur keamanan biometrik, Galaxy A50 didukung dengan pemindai sidik jari di bawah layar. Hal ini jadi nilai plus untuk smartphone ini, karena pemindai sidik jarinya bekerja cukup baik.

Bagi mereka yang memiliki jari berkeringat, akan lebih menguntungkan memindai sidik jari di layar ketimbang di panel fingerprint scanner, karena layar smartphone jadi lebih mudah dibuka.

Samsung juga menerapkan keamanan biometrik lain, yakni pemindai wajah. Pengguna hanya perlu mendaftarkan wajah dan mengaktifkannya.

Metode pemindaian wajah pada Galaxy A50 juga bisa digunakan dengan baik. Hanya butuh kurang dari satu detik untuk membuat kunci perangkat terbuka. Uniknya saat kamera memindai wajah pengguna, terdapat aksen sinar bergerak di sepanjang notch.

 

Kamera

Kamera utama Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy A50 mengusung tiga kamera utama yang terdiri dari resolusi 25MP dengan aperture f1.7, sebuah kamera ultra-wide 8MP dengan aperture f2.2, serta kamera depth lens 5MP dengan aperture f2.2.

Sementara kamera selfie-nya memiliki resolusi 25MP dengan aperture f1.7.

Galaxy A50 telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan berupa scene optimizer yang mampu mengenali objek dan kemudian menghasilkan gambar yang baik sesuai dengan objek yang dikenali.

Misalnya saat memotret objek makanan atau minuman, Scene Optimizer memperlihatkan gambar makanan. 

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Saat memotret objek manusia, Scene Optimizer akan menampilkan gambar orang. 

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kamera Galaxy A50 mampu menangkap gambar yang jernih dan memuaskan termasuk pada kamera ultra-wide yang mampu membuat objek terlihat lebih luas, serta depth lens untuk membidik gambar berlatar bokeh yang bisa disesuaikan tingkat blurnya.

Hasil kamera Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil bidikan kamera ultra-wide:

Hasil jepretan Galaxy A50 dengan lensa ultra-wide (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil bidikan kamera ultra-wide:

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 dengan lensa ultra--wide (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Memotret dengan mode Live Focus:

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 dengan mode Live Focus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Satu hal yang berbeda dengan kamera smartphone Samsung terdahulu, tidak ada opsi Night mode pada Galaxy A50. Namun dengan aperture f1.7 pada kamera utamanya, Galaxy A50 lumayan baik saat menjepret objek di malam hari.

Meski begitu tak bisa dimungkiri, hasil jepretan pada malam hari tampak ada noise.

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 saat malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil bidikan kamera Galaxy A50 saat malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Samsung juga menawarkan Emoji AR di Galaxy A50, seperti pada perangkat premium mereka.

Hasil bidikan kamera selfie Samsung Galaxy A50. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil bidikan kamera selfie dengan mode Live Focus:

Hasil bidikan kamera selfie Galaxy A50 dengan mode Live Focus (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kesimpulan

Samsung Galaxy A50 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Galaxy A50 mampu memenuhi kebutuhan pengguna milenial yang aktif menggunakan media sosial, termasuk untuk live streaming.

Kamera mumpuni, baterai berkapasitas lumayan besar dengan pengisian daya cepat mendukung kebutuhan pengguna yang ingin terus terhubung internet.

Performa Galaxy A50 untuk penggunaan sehari-hari pun lumayan baik, terutama saat dipakai untuk main gim mobile seperti PUBG Mobile dan lain-lain. Pengguna bisa mendapatkan grafis tinggi saat main gim tersebut.

Dengan banderol Rp 4 jutaan, rasanya Galaxy A50 bisa jadi opsi untuk dipakai milenial atau orang berjiwa muda.

Desainnya yang ramping juga membuat smartphone nyaman berada dalam genggaman, meski begitu sebaiknya pengguna menambahkan casing karena cukup licin saat dipegang.

Kelebihan:

- Layar luas berjenis Super-AMOLED membuat pengguna bisa menikmati konten dengan baik

- Fingerprint scanner yang ditempatkan di layar membuat pengguna lebih mudah saat membuka kunci perangkat

- Kamera utama yang cukup memenuhi kebutuhan pengguna medsos yang sering mengunggah konten

- RAM dan ruang penyimpanan lega

- Baterai dilengkapi pengisian daya cepat

Kekurangan:

- Samsung tidak membenamkan fitur NFC

- Galaxy A50 juga tidak dilengkapi fitur ketahan terhadap air, seperti pada seri Galaxy A terdahulu.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Sipir Penjara Usai Kerusuhan Siak

Posted: 12 May 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran yang terjadi di Rumah Tahanan Klas IIB Siak meninggalkan luka mendalam bagi para sipir penjara. Dengan segala keterbatasan, kelengkapan, sampai kurangnya jumlah personel, mereka berupaya menjalankan tugas yang diemban semaksimal mungkin.

"Kami hanya bisa melihat dan mencoba bertahan hidup dari amukan kawan-kawan kami yang setiap hari kami menjaga mereka, mengayomi mereka, sampai kadang kami melupakan keluarga kami hanya untuk menjalankan tugas mulia ini," kata sipir Penjara Bengkalis, Darma Firdaus S dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (13/5/2019).

"Tapi kami hanya bisa pasrah dan mencoba bertahan saat rumah kami dibakar oleh teman kami sendiri. Saat kami mencoba menjalankan sedikit peraturan yang mungkin tidak bisa di terima oleh teman kami tadi. Melakukan razia narkoba," sambung dia.

Menurut dia, saat mereka dituntut untuk memberantas narkoba, justru nyawa menjadi taruhan. Keamanan mereka terancam. Pada sisi lain, apabila mereka tak melakukan pemberantasan narkoba, akan menjadi hal buruk bagi mereka.

"Jika menutup mata akan narkoba, kami di cap pem-back up narkoba, pembeking narkoba bahkan lebih kejam orang-orang di luar sana menuduh kami bekerjasama dengan bandar-bandar narkoba," ujar Firdaus pascakerusuhan di Rutan Siak.

"Memang kami tidak menapikan adanya oknum-oknum kami yang melakukan hal demikian, karena kami juga manusia biasa seperti mereka," dia menambahkan.

Namun, ada hal yang lebih mereka takutkan, yakni kelangsungan keluarganya.

"Tapi kenapa saat kami berjanji untuk memberantas narkoba, jiwa kami terancam, keluarga kami terancam kehilangan kami, apakah memang ini yang dikatakan HAM, tidak boleh kah kami merasakan sedikit HAM, padahal kami lah pelaku HAM," jelas Firdaus.

"Adakah yang di luar sana mengerti tentang risiko kami, saat mencoba menjalankan tugas kami, kami tidak bisa mempertahan kan diri. Jika teman-teman kami bertindak di luar pikiran kami, memaki, mencoba memukul kami, mengancam kami bahkan mencoba membunuh kami," sambungnya.

Meskipun nyawa yang menjadi taruhan karena terancam saat ingin memberantas narkoba, mereka tetap menerima segala resiko yang didapatkan oleh mereka.

"Apakah kami tidak boleh membela diri? Adakah HAM bagi kami sipir penjara? Menjamin senja esok kami kembali? Melihat lagi tawa ceria anak kami malam nanti?" ujarnya.

"Kami memang siap dengan segala risiko yang ada, walaupun harus kehilangan nyawa, berserak luka dan menahan rasa. Tapi berikan sedikit senyum saat kami lewat di depan anda pagi hari nanti. Saat anda merasa nyaman dari lelap malam anda bersama keluarga, saat teman-teman kami berbaris rapi menuju kamar kecil di balik tembok penjara. Ya, sedikit senyum saja," sambung dia.

Meskipun adanya peristiwa tersebut, ia ingin agar para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat menjalankan sisa masa tahanannya dengan tenang.

"Kepada teman kami petugas Rutan Siak, semoga dalam lindungan Tuhan. Dan kepada sahabat kami warga binaan, semoga kembali menjalankan masa hukuman dengan tenang," dia memungkasi.

Amuk di Rutan Siak

Kondisi terkini Rutan Siak, Riau, setelah dibakar oleh ratusan tahanan. (Liputan6.com/M Syukur)

Ratusan narapidana membakar rumah tahanan (Rutan) Kabupaten Siak Riau Rabu 11 Mei 2019 sekitar pukul 01.00 WIB. Rutan yang dihuni sekitar 648 narapidana itu ludes dilahap si jago merah.

Napi diduga mengamuk dan menyerang para sipir yang berjaga. Usai kejadian, tim personel Polres Siak dibantu anggota Kodim 0303 Bengkalis melakukan penjagaan ketat di lokasi kejadian.

Dari 648 narapidana dan tahanan yang menghuni Rumah Tahanan Sialang Bungkuk, baru sekitar 110 napi yang berada dalam pengawasan kepolisian. Sisanya belum diketahui keberadaannya pasca-kerusuhan yang berujung terbakarnya rutan.

"110 napi dan tahanan sudah dalam pengawasan kita. Masih ada yang tersisa di dalam Rutan. Nanti kita cek dan hitung jumlah yang ada," ujar Kapolda Riau Irjen Widodo Eko Prihastopo, Sabtu 11 Mei 2019.

Saksikan Video Terkait di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berstatus Tersangka Makar, Eggi Sudjana Tolak Diperiksa Polisi

Posted: 12 May 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tersangka kasus dugaan makar, Eggi Sudjana, menyatakan tidak akan memenuhi panggilan kepolisian terkait jadwal pemeriksaan kasus yang menjeratnya. Politikus PAN itu melalui pengacaranya beralasan pihaknya masih menunggu hasil praperadilan yang dimohonkan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Pokoknya sampai hari ini kami menyampaikan beliau enggak hadir, tapi kalau ada perubahan kita enggak tahu," kata pengacara Eggi, Damai Hari Lubis, di Polda Metro Jaya, Senin (13/5/2019).

Menurut Damai, pihaknya tengah menunggu hasil prapradilan yang diajukan pada 10 Mei lalu di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terkait status tersangka kepada tim advokasi pemenang Prabowo-Sandiaga.

"Alasanya Eggi sudah prapradilan status tersangkanya ini artinya sedang kita uji apakah sah menurut hukum atau tidak. Karena yang dilaporkan (Pasal) 160 kok jadi (Pasal) 107 itukan makar bisa (dihukum) mati, seumur hidup, 15 tahun," tegas Damai.

Sebelumnya, Eggi Sudjana menggugat Polda Metro Jaya atas status tersangka dugaan perbuatan makar. Pengacara Eggi mendaftarkan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (10/5). Gugatan tersebut terdaftar dengan Nomor register 51/pid/pra/2019/pnjaksel.

"Klien kami tidak pernah melakukan makar, tidak pernah melakukan ujaran kebencian apalagi berita bohong," ucap Pengacara Eggi Sudjana, Pitra Romadoni di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

 

Terlalu Dini

Kivlan Zen didampingi Eggi Sudjana memimpin aksi di depan Gedung Bawaslu. (Nur Habibie/Merdeka)

Menurut Pitra, penyidik terlalu dini menyematkan tersangka ke kliennya dalam kasus dugaan makar. Sebab, pelapor Eggi yakni Supriyanto, melayangkan laporan atas dugaan penghasutan bukan dugaan makar.

"Jadi konteksnya juga berbeda, kenapa sampai di Polda Metro Jaya dilimpahkan pasalnya berubah. Tidak adanya interview atau wawancara terhadap kami langsung SPDP dan ditetapkan sebagai tersangka," terang dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores, Mudah Dipraktikkan

Posted: 12 May 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat teflon agar tidak tergores memang gampang-gampang susah. Teflon atau wajan anti lengket sangat memudahkanmu dalam memasak.

Saat menjadikan teflon sebagai alat memasak andalan, tidak ada rasa khawatir kalau masakanmu bakal lengket. Selain anti lengket, teflon juga sangat multifungsi. Ya, kamu bisa menggunakan teflon untuk menggoreng maupun memanggangnya.

Nah karena banyak sekali manfaat dari teflon ini untuk memasak, maka kamu perlu menjaga ekstra agar teflon kesayanganmu tetap dalam kondisi yang baik. Kalau kamu tidak merawat dan membersihkan teflon dengan baik, maka lapisan lengket pada teflon akan rusak, tergores, atau bahkan hilang.

Cara merawat teflon agar tidak tergores bisa dilakukan agar tetap awet alat masak satu ini. Untuk itu agar teflon kamu tetap memiliki fungsinya dengan sempurna, ada baiknya kamu merawat teflon dengan cara yang tepat.

Seperti Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara merawat teflon agar tidak mudah tergores, Senin (13/5/2019).

Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores

Menyimpan Teflon dengan Benar / Sumber: iStockphoto

Lakukan Penyimpanan yang Tepat

Teflon diselimuti dengan bahan anti lengket berwarna hitam di permukaannya. Hal inilah yang membedakan teflon dengan panci yang biasa.

Nah, agar permukaan panci tidak dapat tergores dan rusak karena makanan yang dimasak, hal utama yang perlu kamu perhatikan dalam merawatnya adalah dengan menyimpannya dengan benar.

Jika teflon kamu tidak disimpan dengan benar, maka permukaan panci dapat tergores. Kamu bisa menyimpan panci dengan cara digantung dan memberi ruang yang cukup antara teflon dengan panci yang lainnya.

Selain menggantungnya, kamu bisa menumpuknya. Saat menyimpan dengan menumpuk, jangan lupa untuk menggunakan pelapis berbahan lembut seperti tisu atau handuk di antara teflon dengan perabotan lainnya. Hal ini menghindari permukaan pada teflon tergesek dan terkelupas.

Hindari Memasak Makanan yang Mengandung Asam

Teflon memang memiliki keanekaragaman fungsi, namun di balik itu semua ternyata permukaan anti lengket pada teflon ini mudah rusak. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan masakan yang kamu buat dengan teflon tidak mengandung asam seperti tomat dan lemon.

Asam yang terkandung pada makanan akan mengelupas lapisan anti lengket lebih cepat.

Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores

Menyimpan Makanan di Teflon / Sumber: iStockphoto

Hindari Penggunaan Api yang Besar Saat Memasak

Pada umumnya, teflon dibuat untuk digunakan dengan penggunaan api yang rendah dan sedang. Jika kamu suka memasak dengan menggunakan api yang besar, sebaiknya jangan menggunakan teflon. Karena memasak makanan dengan teflon menggunakan suhu api yang tinggi akan mengurangi keefektivitas lapisan anti lengketnya.

Jangan Jadikan Teflon sebagai Wadah Makanan

Tak jarang beberapa orang menggunakan teflon langsung sebagai alat menaruh makanan atau makan langsung dari teflon. Kalau kamu memiliki kebiasaan seperti ini, ada baiknya untuk segera menghentikannya. Menyimpan makanan kamu di teflon akan membuat makanan memiliki rasa metalik dan merusak permukaan panci.

Sebaiknya kamu menggunakan wadah lain untuk menyimpan atau menaruh hasil masakan dan pastika untuk selalu mencucinya dengan bersih.

Cara Merawat Teflon Agar Tidak Tergores

Membersihkannya dengan Cara yang Tepat

Karena alat memasak ini memiliki bahan yang berbeda, maka cara membersihkannya pun juga berbeda dengan panci lainnya. Saat ingin mencuci teflon kamu setelah memasak, sebaiknya cuci teflon dengan tangan dan hindari menggunakan dish washer.

Kamu bisa mencampurkan baking soda dan air hingga membentuk pasta dan gunakanlah campuran ini untuk membersihkan teflon. Kalau bekas kotoran masih tertinggal, gunakan spons dan hindari menggunakan sikat yang terbuat dari bisa.

Kamu bisa menggunakan sabun khusus pencuci piring, namun yang memiliki bahan lembut guna mengurangi gesekan pada lapisan anti lengketnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kivlan Zen Penuhi Panggilan Bareskrim Terkait Kasus Makar

Posted: 12 May 2019 09:54 PM PDT

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen (kiri) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivalan datang dengan ditemani pengacaranya, Pitra Romadoni. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen (kiri) saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivalan datang dengan ditemani pengacaranya, Pitra Romadoni. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen melambaikan tangan saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Sebagai saksi, Kivlan Zen merasa penasaran siapakah yang menjadi tersangka pada kasusnya ini. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen melambaikan tangan saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Sebagai saksi, Kivlan Zen merasa penasaran siapakah yang menjadi tersangka pada kasusnya ini. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Menurut Kivlan, dalam surat panggilan yang diterimanya tak menyebut dia dipanggil sebagai saksi pada kasus siapa. (merdeka.com/IqbalNugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Menurut Kivlan, dalam surat panggilan yang diterimanya tak menyebut dia dipanggil sebagai saksi pada kasus siapa. (merdeka.com/IqbalNugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan menyatakan tuduhan yang mengatakan dirinya akan melarikan diri ke Berunei itu suatu hal yang keterlaluan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan menyatakan tuduhan yang mengatakan dirinya akan melarikan diri ke Berunei itu suatu hal yang keterlaluan. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan datang ke Bareskrim pada 10.15 WIB. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan datang ke Bareskrim pada 10.15 WIB. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan datangan dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen memberikan keterangan kepada awak media saat tiba memenuhi panggilan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Kivlan datangan dengan mengenakan kemeja batik lengan panjang. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Saat ini, Mabes Polri telah mencabut status cegah kepada Kivlan Zen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Mantan Kas Kostrad Kivlan Zen saat akan menjalani pemeriksaan di Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (13/5/2019). Saat ini, Mabes Polri telah mencabut status cegah kepada Kivlan Zen. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Gandeng PLN Pasok Listrik di Pelabuhan Patimban

Posted: 12 May 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut bersama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menandatangani kesepakatan bersama tentang Penyediaan Pasokan Tenaga Listrik untuk Kawasan Pelabuhan Patimban.

Penandatanganan kesepakatan bersama ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub R Agus H Purnomo dan Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Agus Purnomo mengatakan, Pelabuhan Patimban merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang membutuhkan percepatan dalam pembangunan dan pengoperasiannya, sehingga dalam pelaksanaannya membutuhkan pasokan tenaga listrik.

"Oleh karenanya perlu dilakukan kerjasama antara Kemenhub dan PLN dalam hal penyediaan pasokan listrik di kawasan Pelabuhan Patimban," ujar dia usai mendantangani kesepakatan bersama, Senin (13/5/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sebagai instansi pemerintah yang memiliki kewenangan dalam pengembangan kawasan Pelabuhan Patimban, Ditjen Perhubungan Laut akan menyediakan prasarana dan fasilitas pendukung tenaga listrik di kawasan Pelabuhan Patimban. Sedangkan PLN yang akan melakukan penyediaan dan pelayanan tenaga listrik di kawasan tersebut.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk melakukan tugas dan tanggungjawab sesuai kewenangan masing-masing, menyusun program penyediaan ketenagalistrikan secara terpadu, menyediakan tenaga, sarana, dan prasarana ketenagalistrikan yang diperlukan serta memenuhi segala ketentuan peraturan perundang-undangan dan peraturan internal masing-masing pihak.

Selanjutnya, pelaksanaan Kesepakatan Bersama ini akan diatur lebih lanjut dalam bentuk perjanjian kerjasama sesuai kebutuhan antara Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Patimban dan PT PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat.

Adapun estimasi kebutuhan daya di Pelabuhan Patimban untuk tahap 1 (Fase I.1 dan Fase I.2) pada 2019 sampai dengan 2023 yakni hingga 90 MVA.

"Kami berharap dengan ditandatanganinya kesepakatan yang berlaku selama 5 tahun ini dapat semakin meningkatkan kerjasama dan sinergi yang baik antara Kemenhub dengan PT PLN sehingga dapat memperlancar pelaksanaan pembangunan dan pengoperasian pelabuhan Patimban yang direncanakan akan soft opening pada Desember 2019 dan akan beroperasi penuh pada tahun 2027," tutur Agus.

Menhub Targetkan Lima Pelabuhan di Indonesia Bebas Korupsi

Pelabuhan Tanjung Perak Surayaba. (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menargetkan lima pelabuhan lain di Indonesia dapat ikuti jejak pelabuhan Tanjung Priok yang sudah mendapat penghargaan wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Budi menyampaikan hal itu saat membuka rapat kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tahun 2019, di ruang mataram, Kantor Pusat Kementerian Perhubungan, Senin 8 April 2019.

Kelima pelabuhan itu yakni pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Belawan Medan, Pelabuhan Makassar, dan Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Sorong, Papua.

"Tanjung Priok sudah menjadi daerah bebas korupsi, mereka sudah mendapatkan suatu apresiasi. Dan kami ingin bahwa bukan hanya Tanjung Priok saja, tetapi juga ada lima pelabuhan lain yang seperti Tanjung Priok sebagai pelabuhan yang bebas korupsi. Lima pelabuhan itu yaitu Surabaya, Semarang, Makassar, Belawan, Ambon dan Sorong," ujar Budi, seperti dikutip dari laman Setkab, Selasa (9/4/2019).

Budi menuturkan, dengan wilayah bebas korupsi, akan menciptakan integritas di pelabuhan tersebut sehingga pelayanan dan kecepatan akan meningkat. Selain itu, keluhan dari institusi lain maupun dari pelaku usaha dapat berkurang.

"Karena pelabuhan adalah suatu mtoro dari kemajuan logistik suatu negara. Dalam catatan indeks logistik kita naik dari peringkat 63 ke 46. Satu prestasi yang baik, tetapi tidak cukup dengan itu, kita ingin terus mereformasi agar insane-insan perhubungan ini memiliki suatu kontribusi yang baik," ujar dia.

Modernisasi Pelabuhan Batam, Pelindo I Siapkan Dana Rp 1,2 Triliun

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/10). Kebijakan ISRM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektifitas pengawasan dalam proses ekspor-impor. (Liputan6.com/Immaniel Antonius)

Mahalnya biaya logistik di pelabuhan Batam menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah. Jika dibandingkan dengan Singapura, biaya logistik di Pelabuhan Batuamapar Batam Kepulauan Riau jauh lebih mahal. 

Oleh karena itu, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) pun menggelar rapat khusus bersama Dewan Kawasan (DK) Batam dan juga Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana di Batam pada Selasa kemarin. Hasil dari rapat tersebut, Pelindo I dengan BP Batam akan melakukan pengembang dan moderenisasi Pelabuhan Batu Ampar.

Untuk itu, Pelindo I rencananya akan menanamkan investasi senilai Rp 1,2 triliun untuk pengembangan Pelabuhan Batuamapar.

Bambang Eka Cahyana mengatakan, investasi itu untuk membeli peralatan dan perlengkapan demi efesiensi bongkar muat di pelabuhan yang berseberangan dengan Singapura itu.

Investasi dibagi dalam dua fase, jangka pendek dan jangka menengah. "Total investasi jangka pendek Rp200 miliar dan jangka menengah Rp 1 triliun," kata Bambang, seperti ditulis pada Rabu (3/4/2019).

Untuk jangka pendek, Pelindo I akan membeli antara lain 3 unit harbour mobile crane dan 12 terminal tractor. Peralatan dan perlengkapan itu diharapkan sudah tiba di Batam dalam beberapa hari ke depan.

Ia optimistis, dengan pengadaan alat-alat itu, maka produktifitas di pelabuhan akan meningkat dalam satu bulan terakhir. Untuk jangka menengah, Pelindo I akan mendatangkan container crane yang dapat mengakomodir bongkar muat kapal besar.

Bambang menyatakan dengan peralatan-peralatan tersebut, biaya logistik bisa turun. "Pelabuhan Batam bisa jadi modern, karena sekarang masih pakai 'crane' darat" kata dia.

Kemenpar Tawarkan 14 Pelabuhan Cruise Ship di Seatrade Cruise Global USA

Program Pesona Khazanah Ramadan (PKR) 2019 resmi dimulai, Sabtu (11/5).

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menghadiri Seatrade Cruise Global yang dihelat di Miami Beach Convention Center, Miami Beach, Florida, Amerika Serikat. Dalam acara yang digelar 8-11 April 2019 itu, Kemenpar membawa misi memasarkan 14 Pelabuhan Cruise Ship di Indonesia. 14 Pelabuhan itu siap menerima kapal-kapal cruise dari seluruh Dunia.

Hadir dalam pertemuan tersebut Penasehat Kehormatan Menteri Pariwisata Indroyono Soesilo, Duta Besar RI di AS Mahendra Siregar, Konjen RI di Houston, Nana Yuliana, Asisten Deputi Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kementerian Pariwisata Alexander Reyaan, dan Asdep Kemenkomar yang juga Ketua Satgas Cruise Ship Indonesia, Rahman Hidayat.

Adapun 14 Pelabuhan Cruise Ship tersebut antara lain Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Kumai, Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Banda Neira, Pelabuhan Sorong, Pelabuhan Agata, Pelabuhan Palopo, Pelabuhan Pare-pare, Pelabuhan Labuan Bajo, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Probolinggo, Pelabuhan Semarang, dan Pelabuhan Jakarta.

Dijelaskan Indroyono, ada 2 events yang digelar di Miami. Pertama partisipasi Indonesia dalam Seatrade Cruise Global 2019, yaitu Pameran dan Konperensi tentang industri kapal wisata. Yang kedua adalah Seminar Indonesia Forum Tentang Pengembangan Wisata Bahari di Indonesia yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal RI di Houston-Texas bersama Kementerian Pariwisata dengan narasumber dari Kemenpar, Kemenkomar, BKPM dan Pelindo III. Indonesia forum digelar dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS.

"Pada kegiatan Seatrade Cruise Global 2019, telah ditanda tangani MOU antara Pelindo IV dengan Global Port Holding-United Kingdom dalam pengoperasian pelabuhan untuk kapal kapal cruise. Pada kegiatan ini, Pelindo III juga memaparkan telah selesainya pengerukan alur dan kolam labuh Pelabuhan Benoa dan pembangunan terminal Penumpang untuk kapal-kapal cruise di Benoa, siap untuk menampung kapal2 cruise bermuatan 6000-7000 penumpang," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polres Bantul Sita Puluhan Botol Minuman Keras Selama Ramadan

Posted: 12 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Reserse Narkoba Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyita sebanyak 86 botol berisi berbagai jenis minuman keras yang dijual di wilayah kabupaten ini pada Rabu, 8 Mei 2019 malam.

Penyitaan minuman keras itu dilakukan dalam operasi Cipta Kondisi selama bulan Ramadan 1440 Hijriah, seperti dilansir Antara, Jumat, 10 Mei 2019.

Menurut Kepala Satuan Reserse Narkoba (Kasatresnarkoba) Polres Bantul AKP Andhyka Donny, puluhan minuman keras disita dari dua orang saat petugas merazia di kawasan Pantai Parangtriris dan rawan kamtibmas.

Ia mengatakan, sebanyak 26 botol minuman keras terdiri 19 botol bir bintang, tiga botol anggur kolesom, satu botol anggur merah, serta tiga botol vodka disita dari seorang bermama SDR (57) pada Rabu malam pukul 21.00 WIB di rumahnya Blawong, Desa Trimulyo Jetis.

"Sedangkan 60 botol minuman keras terdiri 24 botol anggur merah, 18 botol anggur kolesom, enam botol anggur kolesom dan 12 botol prost beer disita dari pelaku ED (62) di tempat hiburan malam sepanjang Pantai Parangtritis," papar Donny.

Selain menyita 86 botol minuman keras, lanjut dia, aparat Polres juga menyita barang bukti berupa satu sepeda motor honda dengan nopol AB 6104 OK atas nama Mujiyono dari pelaku SDR. Dua pelaku, kata Donny, juga diamankan petugas untuk diproses lebih lanjut.

"Penyitaan minuman keras itu bermula saat anggota Satresnarkoba Polres Bantul melakukan razia di tempat hiburan malam sepanjang Pantai Parangtritis dan kawasan rawan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada Rabu 8 Mei," terang Donny.

Dalam operasi itu, sambung dia, sekitar pukul 21.00 WIB, petugas mencurigai seorang laki-laki bernama SDR. Kemudian, dari hasil penyelidikan ditemukan informasi bahwa yang bersangkutan merupakan penjual minuman keras di kawasan tersebut.

"Saat anggota Satresnarkoba pura-pura untuk membeli, SDR mengaku tidak menjual minuman keras. Namun selanjutnya dilakukan penggeledahan di sepeda motor yang digunakannya, namun tidak ditemukan barang bukti," tutur dia.

 

Penggeledahan di Rumah

Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)

Selanjutnya, menurut Donny, anggota Satresnarkoba meminta dilakukan penggeledahan di rumahnya yang beralamat di Blawong RT 06 Desa Trimulyo, Jetis Bantul.

"Saat dilakukan penggeledahan di rumahnya ditemukan barang bukti," ucapnya.

Donny menjelaskan, pada hari yang sama di kawasan pantai Parangtritis, petugas melakukan razia dan menemukan warung yang kedapatan menjual minuman keras.

"Dan selanjutnya pada pukul 23.00 WIB dilakukan penggeledahan dan ditemukan minuman keras milik ED," kata dia.

Donny menegaskan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatan dua pelaku, mereka dijerat dengan pasal 8, pasal 21 ayat 1 dan ayat 5 dalam Perda Bantul nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawasan, Pengendalian, Pengedaran dan Pelarangan Penjualan Minuman Beralkohol.

"Dengan ancaman hukuman pidana kurungan paling lama tiga bulan atau pidana denda paling banyak sebesar Rp 50 juta," jelas Donny.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manajer MU Senang Musim Telah Berakhir

Posted: 12 May 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) bangkit setelah Ole Gunnar Solskjaer dipercaya sebagai manajer interim menggantikan Jose Mourinho pada Desember 2019. Juru taktik asal Norwegia itu membawa MU kembali bersaing di posisi empat besar Liga Inggris dan lolos ke perempat final Liga Champions.

Namun, setelah Solskjaer diangkat sebagai manajer permanen, performa MU justru menurun drastis. Setan Merah terlempar dari posisi empat besar Liga Inggris dan tersingkir di Liga Champions.

Yang menyedihkan, MU mengakhiri musim ini tanpa kemenangan dalam enam laga terakhir di semua kompetisi. Di Liga Inggris, Paul Pogba dan kawan-kawan berakhir di peringkat keenam klasemen.

Minggu (12/5/2019) malam, MU dipermalukan tim yang sudah terdegradasi Cardiff City 0-2 di Old Trafford. "Kami sangat jelek. Kami kurang lebih menabrak tembok bata menjelang akhir musim," kata Solskjaer usai pertandingan seperti dikutip dari Sportskeeda. 

Ambil Sisi Positif

Pemain Manchester United (MU) usai menghadapi Cardiff City pada laga terakhir Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (12/5/2019). (AP Photo / Rui Vieira)

Solskjaer mengakui menutup musim dengan kekalahan sangat mengecewakan. "Itu mengecewakan, tapi kelebihan terbesarnya adalah musim berakhir," ujarnya.

"Kami dapat menempatkan garis besar di atasnya dan bergerak maju. Kami tahu kami terlalu jauh di belakang, di mana kami ingin berada."

"Mereka telah melalui masa-masa sulit, para pemain. Mereka adalah pemain yang baik tetapi, menjelang akhir musim, mereka lelah secara mental, secara fisik," papar Solskjaer.

 

Tetap Memuji

Meski kalah dari Cardiff, Solskjaer tetap memuji pasukannya, terutama Mason Greenwood. Pemain berusia 17 tahun tersebut bermain penuh dalam debutnya bersama MU.

"Pemain yang paling percaya diri adalah Mason. Senang melihatnya, suatu kesenangan," ucap Solskjaer. "Mungkin dia dan Scott McTominay adalah satu-satunya dua nilai tambah yang besar."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Geledah Kediaman Pria Pengancam Jokowi

Posted: 12 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polda metro Jaya menggeledah Rumah HS tersangka pegancam presiden jokowi. Diketahui beralamat di RT 09 Jalan Palmerah Barat I, Jakarta Barat. Polisi menyita pakaian yang dikenakan HS saat pengancaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Lazada Simfoni Ramadan Ditayangkan Live di SCTV Senin Malam Ini

Posted: 12 May 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta SCTV kembali menayangkan konser musik berkelas dengan label konser Simfoni. Kali ini, panggung musik yang memainkan lagu-lagu indah itu diberi tajuk Lazada Simfoni Ramadan

Senin (13/5/2019) mulai pukul 20.00 WIB Lazada Simfoni Ramadan ditayangkan live di SCTV. Adalah Andi Rianto, musisi dan aranger yang mengiringi penyanyi-penyanyi top membawakan lagu indah di konser ini.

Bersama Magenta Orchestra yang dipimpinnya, Andi Rianto akan mengawal penampilan Rossa, Bunga Citra Lestari, Ebiet G.Ade, Virzha, Yura Yunita dan masih banyak artis lainnya. 

Dukungan Lazada dalam konser musik Lazada Simfoni Ramadan menunjukkan komitmen besar e-commerce ini dalam musik dan dunia showbiz Tanah Air. Menariknya, Lazada Simfoni Ramadan juga bisa dinikmati langsung melalui aplikasi e-commerce terbesar di Asia Tenggara itu. 

Terhubung

Suasana latihan Konser Lazada Simfoni Ramadan di Rossi Musik, Jakarta (dok SCTV)

"Kami berkomitmen mengembangkan bisnis secara berkelanjutan dengan berbasis pada inovasi, teknologi dan kepuasan para pengguna kami. Karena mereka semakin melek teknologi dan terkoneksi secara digital. Fitur in-app live streaming dan permainan interaktif di aplikasi Lazada merupakan salah satu cara terus terhubung dengan konsumen dan memuaskan kebutuhan mereka di Shoppertainment yang kami suguhkan," ucap Monika Rudijono, Chief Marketing Officer LazadaIndonesia, mengutip dari siaran pers yang diterima redaksi dari Programm Communication SCTV.

Lagu-lagu Religi Aransemen Indah

Suasana latihan Konser Lazada Simfoni Ramadan di Rossi Musik, Jakarta (dok SCTV)

Sementara itu Andi Rianto mengaku sudah mengaransemen indah sejumlah lagu religi yang bakal disajikan di konser Lazda Simfoni Ramadan, Senin malam nanti. "Saya mengaransemen ulang dan memasukan unsur jazz, rock, pop, dan soul," ujar Andi Rianto di sela-sela latihan di Rossi Musik, Fatmawati, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Sejumlah lagu-lagu itu sudah dikenal akrab di telinga pemirsa SCTV. Dan, para penyanyi yang membawakan juga artis idola masyarakat. Mereka akan membawa lagu-lagu dalam durasi konser selama dua jam tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Prancis: Balapan Akhir Pekan Ini

Posted: 12 May 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Le Mans - MotoGP Prancis akan berlangsung di Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu (19/5/2019). Marc Marquez, rider Repsol Honda Team, sedang on fire jelang seri kedua MotoGP Eropa.

Marquez baru saja mencatatkan kemenangan di MotoGP Jerez, 5 Mei lalu. Hasil itu seperti membalas kesalahannya saat terjatuh di Austin, 14 April 2019.

Akhir pekan ini, Marquez mencoba meraih back to back. Dia menargetkan kemenangan di MotoGP Prancis demi menjauh dari kejaran para pesaingnya.

Pembalap asal Spanyol itu merupakan juara MotoGP Prancis 2018. Kala itu, Marquez unggul 2,310 detik dari pembalap Alma Pramac Racing, Danilo Petrucci.

Lihat jadwal MotoGP Prancis di halaman selanjutnya.

Jadwal MotoGP Prancis

Jumat, 17 Mei 2019

14:55 - 15:40 WIB Sesi Latihan Bebas Pertama

19:10 - 19:55 WIB Sesi Latihan Bebas Kedua

Sabtu, 18 Mei 2019

14:55 - 15:40 WIB Sesi Latihan Bebas Ketiga

18:30 - 19:00 WIB Sesi Latihan Bebas Keempat

19:10 - 19: 50 WIB Sesi Kualifikasi

 

Jadwal MotoGP Prancis

Minggu, 19 Mei 2019

14:40 - 15:00 WIB Sesi Pemanasan

19:00 WIB Balapan

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KIP Aceh Tetapkan Suara Prabowo 2,4 Juta, Jokowi 404 Ribu

Posted: 12 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh telah menetapkan perolehan suara Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan nomor urut 02 unggul dari pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di wilayah Serambi Mekah.

Hasil tersebut ditetapkan dalam rapat pleno KIP Aceh yang berlangsung di ruang sidang utama DPR Aceh di Banda Aceh, Senin (13/5/2019). Rapat dipimpin Komisioner KIP Aceh Munawar Syah.

Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ditetapkan meraih 2,4 juta suara. Sementara, perolehan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin sebanyak 404 ribu suara.

"Jadi, total suara sah untuk pemilihan presiden dan wakil presiden mencapai 2,8 juta lebih dan suara tidak sah 83 ribu. Jumlah suara sah dan tidak sah mencapai 2,88 juta," ungkap Munawar Syah seperti dilansir Antara.

Pasangan Prabowo-Sandiaga unggul di semua atau 23 kabupaten/kota di Aceh. Yang terbanyak di Kabupaten Aceh Utara dengan perolehan suara 285.920. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 23.959 suara.

Di Kabupaten Bireuen, Prabowo-Sandiaga mendapat 213.650 suara. Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 15.642 suara. Kabupaten Pidie, Prabowo-Sandiaga meraih 210.436 suara. Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 17.753 suara.

 

Selanjutnya

banner grafis elektabilitas Jokowi Vs Prabowo (Liputan6.com/Abdillah)

Keunggulan juga diraih Prabowo-Sandiaga di Aceh Besar dengan perolehan suara 204.103. Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 19.321 suara. Di Aceh Timur, Prabowo-Sandiaga mendapat 178.143 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 21.413 suara.

Kemudian, di Aceh Tamiang, Prabowo-Sandiaga mendapat 130.786 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin 24.062 suara. Kabupaten Aceh Selatan Prabowo-Sandiaga mendapat 120.516 suara dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 12.568 suara.

Di Kota Banda Aceh, Prabowo-Sandiaga mendapat 106.872 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin 15.103 suara. Aceh Barat, Prabowo-Sandiaga memperoleh 97.388 suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 15.823 suara.

Kabupaten Aceh Tenggara, Prabowo-Sandiaga meraih 91.689 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 34.039 suara. Kota Lhokseumawe Prabowo-Sandiaga mendapat 87.396 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 8.042 suara.

Berikutnya, Kabupaten Nagan Raya, Prabowo-Sandiaga unggul dengan 87.011 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 12.994 suara. Kota Langsa, Prabowo-Sandiaga memperoleh 81.537 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 10.383 suara.

Pidie Jaya, Prabowo-Sandiaga juga unggul dengan perolehan 80.826 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin 6.644 suara. Aceh Barat Daya, Prabowo-Sandiaga mendapat 76.689 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 8.800 suara.

 

Selanjutnya

Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo. (Liputan6.com/Triyasni)

Aceh Tengah, Prabowo-Sandiaga meraih 73.503 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 47.464 suara. Di Bener Meriah, Prabowo-Sandiaga juga unggul dengan perolehan 53.343 suara. Sedangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 36.500 suara.

Kabupaten Aceh Singkil, Prabowo-Sandiaga mendapat 48.342 suara dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 18.379 suara. Aceh Jaya, Prabowo-Sandiaga 47.827 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 5.640 suara.

Serta Kota Subulussalam, Prabowo-Sandiaga mendapat 39.099 suara, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 9.366 suara. Di Kabupaten Gayo Lues, Prabowo-Sandiaga unggul dengan suara 35.449 dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 18.774 suara.

Dan di Kabupaten Simeulue, Prabowo-Sandiaga mendapat 31.048 suara dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 18.788 suara. Begitu juga di Kota Sabang, Prabowo-Sandiaga unggul dengan 19.173 suara dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin 2.731 suara.

"Selanjutnya, hasil penetapan perolehan suara pemilihan presiden dan wakil presiden ini akan kami sampaikan ke KPU RI untuk ditetapkan secara nasional," kata Munawar Syah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berlin Akan Kebumikan 300 Sisa Jasad Korban Eksperimen Dokter Era Nazi

Posted: 12 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Lebih dari 300 sampel jaringan manusia dari tahanan yang dieksekusi di Berlin pada era Nazi akan dimakamkan pada Senin 13 Mei 2019 waktu lokal.

Sebelumnya, sampel ditemukan dalam slide mikroskopis di properti milik mendiang Hermann Stieve --seorang dokter dan profesor anatomi di Rumah Sakit Charite Universitätsmedizin, Berlin-- yang meninggal pada 1952. Ahli waris Stieve menemukan koleksi sampel itu pada 2016 lalu.

Para peneliti mengatakan Stieve secara sistematis berkolaborasi dengan Nazi untuk menerima tubuh 184 orang, kebanyakan perempuan, yang dieksekusi karena perlawanan politik, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (13/5/2019).

Potongan-potongan jaringan --dengan ukuran paling panjang kurang dari satu milimeter-- ditemukan di perkebunan Stieve. Sampel disimpan dalam kotak hitam kecil, termasuk beberapa yang berlabel nama.

Setelah ditemukan, mereka diserahkan ke Rumah Sakit Charite Universitätsmedizin di Berlin, yang menugaskan German Resistance Memorial Center untuk meneliti sejarah para korban.

Penelitian dilakukan di bawah arahan langsung direktur Memorial Center, Prof Johannes Tuchel. 

Tuchel menemukan, jasad-jasad itu diambil oleh seorang pengemudi dan dibawa ke Hermann Stieve, kadang-kadang hanya beberapa menit setelah mereka terbunuh di penjara Berlin-Plötzensee. Ia juga menemukan bahwa Stieve kemudian membedah jasad-jasad itu untuk penelitian, sebelum diam-diam mengkremasi dan menguburnya secara anonim.

Hampir 3.000 orang dieksekusi di Plötzensee dengan pemenggalan kepala atau digantung saat Adolf Hitler berkuasa.

"Kami telah menemukan bahwa (Stieve) secara sistematis membantu Kementerian Kehakiman Reich (Nazi) dalam menghapus jejak-jejak tindakan kriminal ini," kata Prof Tuchel kepada surat kabar Jerman Bild.

Sampel dijadwalkan akan disemayamkan untuk kemudian dikebumikan di sebuah upacara di Pemakaman Dorotheenstadt, Berlin pada Senin 13 Mei 2019.

Dalam sebuah pernyataan, Dr Karl Max Einhäupl, CEO dari Charite Universitätsmedizin mengatakan, penguburan itu adalah bagian dari upaya rumah sakit untuk menghadapi dan upaya mengobati luka sejarah Jerman semasa era-Nazi.

"Dengan mengubur spesimen mikroskopis di Pemakaman Dorotheenstadt, kami ingin membantu mengembalikan martabat korban," katanya.

Ilmuwan Tak Beretika?

Dokter Hermann Stieve (Wikimedia / Creative Commons)

Sabine Hildebrandt adalah ahli anatomi kelahiran Jerman yang menerbitkan buku tentang pelanggaran etika dan ilmu anatomi pada periode Nazi.

Pada 2013 dia menjelaskan kepada BBC bahwa Hermann Stieve secara sadar mengeksploitasi kebijakan era Nazi, termasuk meningkatnya penggunaan hukuman mati sebagai hukuman.

"Sebelum 1933, dia bisa mendapatkan mayat pria yang dieksekusi, tetapi tidak ada perempuan; Jerman (era Republik Weimar) tidak mengeksekusi perempuan," katanya.

"Lalu, tiba-tiba, selama (Jerman era-)Reich Ketiga, perempuan juga dieksekusi."

Karena dia bukan anggota partai Nazi, Hermann Stieve tidak pernah dituntut setelah Perang Dunia II.

Tersimpan di Depan Mata

Pengunjung melintas dilorong bergambarkan bendera Nazi dan Soivet di Museum Perang Dunia 2 di Gdansk, Polandia, 23/1). Museum ini satu-satunya yang merekam sejarah Polandia saat Perang Dunia II. (AP/Czarek Sokolowski)

Hermann Stieve menjabat sebagai direktur Berlin Institute of Anatomy dari tahun 1935 sampai ia meninggal pasca-stroke pada tahun 1952.

Penggunaan anatomis dari mayat para tahanan yang ia bedah tersimpan hampir di depan mata, karena ia menyimpan catatan pekerjaannya dengan cermat.

Selama hidupnya, Stieve memiliki minat khusus dalam anatomi reproduksi.

Karyanya adalah beberapa penelitian pertama yang menunjukkan bahwa stress akibat dijatuhi hukuman mati dapat mengganggu siklus menstruasi perempuan.

Beberapa orang yang dibedahnya berstatus terkenal --termasuk 13 perempuan dari kelompok perlawanan terhadap Nazi, Red Orchestra yang berideologi komunis.

Salah satu peneliti proyek dari German Resistance Memorial Center, Andreas Winkelmann, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa penguburan spesimen sekecil itu sangat tidak biasa.

Pria yang juga menjabat sebagai kepala departemen di Institut Anatomi Sekolah Kedokteran Brandenburg (MHB) itu menambahkan, "Tapi ini adalah cerita khusus, karena mereka berasal dari orang-orang yang secara aktif sengaja tidak dikuburkan, sehingga kerabat mereka tidak akan tahu di mana mereka dimakamkan," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Hackathon, Bank Mandiri Cari Ide Segar Kembangkan Digital Banking

Posted: 12 May 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri Tbk menggelar kompetisi hackathon pada 27-30 Juni 2019 mendatang. Kompetisi berskala nasional tersebut mengusung tema "What the Hack!" (WTH).

Direktur Teknologi Informasi dan Operasi Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans menyebutkan kompetisi Hackaton bertujuan untuk memberikan ruang bagi mahasiswa dan profesional Indonesia yang berpengalaman dalam ranah digital untuk mengekspresikan ide-ide inovatif yang dapat memajukan modernisasi perbankan Indonesia.

"Menyelenggaraan Mandiri Hackaton merupakan salah satu cara Bank Mandiri dalam mengembangkan teknologi perbankan yang tepat dan sesuai kebutuhan," kata dia di kantornya, Senin (13/5/2019).

Dia menambahkan, di era modern seperti sekarang ini, perbankan tidak boleh menutup diri dari kemajuan digital dan teknologi.

"Kami menyadari bahwa pengadopsian teknologi perbankan yang tepat dan sesuai kebutuhan sangat penting, karena terdapat perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang serba mobile dan digital," tambahnya.

Acara yang diselenggarakan bersama Kalibrr Indonesia ini akan membuka pendaftaran selama 30 hari dimulai dari tanggal 1 Mei 2019 hingga 2 Juni 2019. Setelah itu, Bank Mandiri akan menyeleksi aplikasi yang masuk untuk mendapatkan 150 kandidat terpilih yang akan mengikuti rangkaian acara di Jakarta pada 27 - 30 Juni 2019.

"Sesuai dengan nama hackathon yang kami usung, Bank Mandiri ingin menyatukan game changers yang memberikan ide-ide kreatif dan sesuai kebutuhan perbankan masyarakat yang digital-savvy," ujarny.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

Prototipe Aplikasi Mobile

(Ki-ka) Menkominfo Rudiantara bersama Presiden Director IBM, Gunawan Susanto, dan Wakil Presiden Bank Mandiri, Sulaiman Aryanto saat meresmikan Hackathon Mandiri di Jakarta, Jumat (26/2/2016). (Liputan6.com/Agustinus M Damar)

Para peserta kompetisi, lanjutnya, nantinya akan bekerjasama untuk mendesain prototipe aplikasi mobile yang dapat menjawab kebutuhan perbankan seperti pembayaran, pembukaan rekening, dan peminjaman menggunakan API Bank Mandiri. Mereka akan terbagi ke dalam 50 tim beranggotakan 3 orang, di mana masing-masing anggota memegang tanggung jawab sebagai Developer, Scrum Master, dan Designer.

Dalam kompetisi ini, setiap tim berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan langsung dan memperluas jaringan dengan pakar-pakar terbaik industri teknologi. Nantinya, mereka juga akan mempresentasikan solusi unik dan kreatif mereka ke jajaran petinggi Bank Mandiri untuk memperebutkan hadiah dengan total nilai sebesar Rp 100 juta. Tidak sampai di situ, tim yang memiliki ide terbaik juga berkesempatan untuk mengembangkan produk ciptaan mereka dan berkarir bersama Bank Mandiri.

Dalam kesempatan serupa, Direktur Compliance Bank Mandiri, Agus Dwi Handaya menjelaskan kompetisi Mandiri Hackaton ini merupakan kompetisi yang unik karena mempertemukan individu-individu yang sebelumnya tidak pernah bertemu satu sama lain dan memiliki keahlian berbeda.

"Kami percaya lewat Mandiri Hackathon, bukan hanya keahlian peserta saja yang terlihat, namun soft skill seperti cara berkolaborasi, leadership, dan time management dengan sesama anggota dapat terlihat. Itulah alasan kami mengadakan acara ini untuk mengidentifikasi talenta-talenta terbaik untuk ikut bergabung dalam transformasi Bank Mandiri," ujarnya.

 

Trasformasi Digital

Nasabah melakukan transaksi di ATM Mandiri, Jakarta, Senin (29/4/2019). Kinerja Kuartal I 2019 Bank Mandiri  menyebutkan penyaluran kredit perseroan tumbuh 12,4 persen secara year on year (YoY) menjadi Rp 790,5 triliun. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Managing Director Kalibrr Indonesia, Sanuk Tandon mengatakan kolaborasi antara Bank Mandiri dan Kalibrr dalam penyelenggaraan hackhaton ini dapat mendukung transformasi digital Bank Mandiri.

"Kami senang dapat mendukung Bank Mandiri dalam mempercepat perjalanan transformasi digitalnya. Sangat mengesankan bahwa lembaga keuangan seperti Bank Mandiri terbuka untuk menggunakan cara-cara baru dan inovatif untuk menemukan pemimpin dan solusi inovatif masa depan," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi di Makassar Terluka Dikeroyok Anggota Geng Motor

Posted: 12 May 2019 09:30 PM PDT

Patroli, Makassar - Penganiayaan terhadap Bripda Yahya Hariyanto, anggota satuan Sabhara Polrestabes Makassar oleh geng motor terjadi di Jalan Veteran Utara, Kota Makassar, dini hari tadi.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (13/5/2019), penganiayaan dipicu saat anggota geng motor tersinggung karena korban yang bersepeda motor menyalip konvoi mereka. Cekcok mulut terjadi dan berujung pengeroyokan.

Korban mengalami luka di bagian kepala dan leher. Seorang pelaku ditangkap dan beberapa orang lainnya masih diburu polisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minuman yang Tak Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Perlu Diperhatikan

Posted: 12 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur ternyata beragam. Saat ini umat Muslim di seluruh dunia sedang menjalan ibadah puasa Ramadan. Ibadah puasa ini membuat yang menjalankannya kerap menguubah drastis pola makan dari biasanya. 

Kamu tidak bisa secara bebas mengonsumsi makanan ataupun minuman, karena hal ini bisa mengganggu pencernaan dan membuat aktivitasmu menjadi terganggu. Tak hanya itu, masalah kesehatan lainnya juga akan bermunculan jika kamu tidak menjaga pola konsumi makanan atau minuman selama puasa ini.

Nah, untuk memulai puasa umat Muslim terlebih dahulu menjalankan sahur. Pada saat sahur, kerapkali kamu tidak menyadari khususnya konsumsi minuman yang kamu minum saat sahur. Nampak sepele, ternyata kamu perlu memperhatikan konsumsi minuman saat sahur. Ternyata ada beberapa minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur lho.

Fungsi cairan atau minuman yang kamu konsumsi saat sahur ini berfungsi untuk melengkapi energimu saat melakukan aktivitas. Oleh karena itu, perlunya memperhatikan minuman yang kamu konsumsi saat sahur dengan tepat. Guna menghindari hal buruk terjadi saat menjalani aktivitas hingga waktunya berbuka tiba.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, ini beberapa minuman yang tak baik dikonsumsi saat sahur agar tidak mengalami hal buruk selama menjalankan puasa, Jumat (10/5/2019).

Teh

Teh / Sumber: iStokcphoto

Saat sahur, kamu tidak disarankan untuk minum teh karena akan menaikkan gula darah dan cepat juga menurunkannya. Hal ini yang menyebabkan kamu akan cepat lemas saat menjalankan puasa.

Selain itu, kandungan kafein pada teh yang bersifat diuretik ini juga menyebabkan kamu terus menerus mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk urin.

Soda

Soda / Sumber: iStpckphoto

Hindari juga minuman bersoda atau minuman dengan perasa yang disediakan dalam kemasan. Minuman jenis ini memiliki kandungan gula yang tinggi yang bisa membuat kamu menjadi cepat merasa haus saat puasa.

Selain itu, pada minuman bersoda juga memiliki kandungan garam yang cukup tinggi yang dapat membuat kamu merasa cepat haus.

Selain itu, efek lain yang bakal kamu rasakan saat minum soda adalah akan meraskan perut menjadi penuh atau kembung. Soda juga dapat menaikkan asam lambung kamu. Jadi, kamu bisa menghindari minuman ini untuk sahur.

Kopi

Kopi / Sumber: iStockphoto

Banyak pecinta kopi, yang tentunya tidak bisa terlepas untuk tidak mengonsumsi kopi dalam sehari. Sama halnya dengan teh yang memiliki kandungan kafein, bahkan kandungan kafein pada kopi ini lebih besar.

Adanya zat diuretik ini menyebabkan kamu akan mengeluarkan cairan tubuh dalam bentuk urin. Hal ini berakibat kamu kehabisan cairan dalam tubuh, yang bisa menyebabkan kamu menjadi dehidrasi, pusing, mual hingga pingsan.

Minuman yang Terlalu Manis

Aneka Minuman Manis / Sumber: iStockphoto

Begitu juga buat kamu yang menyukai minuman serba manis. Kamu perlu mengurangi atau bahkan menghindarinya saat sahur. Soalnya, mengonsumsi minuman manisa saat sahur bisa menyebabkan hipoglikemia atau kurangnya kadar gula dalam darah.

Minuman yang terlalu manis ini bisa membuat kadar gula di dalam tubuh cepat naik dan juga cepat turun. Hal ini mengakibatkan kamu menjadi cepat lapar dan haus.

Minuman yang Terlalu Asam

Minuman yang Terlalu Asam / Sumber: iStokphoto

Begitu juga dengan minuman yang terlalu asam juga tidak baik dikonsumsi saat sahur. Mengonsumsi minuman asam dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan perut kamu menjadi terasa perih.

Selain itu, minuman yang terlalu asam bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik dengan cepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Buru Narapidana Rutan Siak Yang Kabur

Posted: 12 May 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi daerah provinsi Riau gelar razia di daerah perbatasan kabupaten, memburu belasan narapidana yang kabur saat kerusuhan pecah di rumah tahanan Siak hari Sabtu (8/5) lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.