Selasa, 09 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


TKN: Jateng Basis PDIP, Pendukung Jokowi Tak Akan ke Prabowo

Posted: 09 Apr 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi dan Ma'ruf Amin yakin, pihaknya akan tetap menguasai wilayah Jawa Tengah khususnya Kota Solo. Alasannya, sejak dulu Jawa Tengah adalah basis pendukung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang notabene adalah pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Saya kira kalau kita lihat sejarah politik kita, sebetulnya konfigurasi politik kita belum banyak berubah. Solo itu dari dulu ya memang daerah merah. Daerahnya PDIP," kata Wakil Ketua TKN Arsul Sani, Rabu (10/4/2019).

Arsul mengatakan, sejak dulu basis partai manapun termasuk partai Islam belum bisa menguasai Jawa Tengah secara mayoritas. Karena itu, dia yakin Jawa Tengah tetap dikuasai oleh Jokowi-Ma'ruf.

"Partai partai Islam digabung seluruhnya juga tidak pernah, jangankan melewati mayoritas, separuh mayoritas saja tidak," ungkapnya.

Sekretaris Jenderal PPP ini juga sadar, tidak semua warga Jawa Tengah adalah pendukung PDIP yang mendukung Jokowi-Ma'ruf. Namun Arsul yakin, tidak akan ada perpindahan basis pemilih di Jawa Tengah secara signifikan meski ada beberapa basis yang mendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Tapi kan kita juga memahami di daerah tertentu katakanlah daerah basisnya pemilih muslim, saudara kita kelompok muslim vokal. Sehingga menimbulkan gambaran telah terjadi pergeseran komposisi pemilih dan sebagainya. Tapi menurut saya tidak akan. Kalaupun ada tentu peningkatan tapi tidak akan banyak," ucap Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf ini.

Prabowo Kampanye di Solo

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menyapa masyarakat dalam kampanye terbuka di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu 10 April 2019. 

Pantauan di lokasi, massa mulai berbondong-bondong mendatangi Stadion Sriwedari. Mulai dari relawan, ibu-ibu, dan kelompok masyarakat lainnya. Sejumlah pendukung datang menggunakan bus ke lokasi acara.

Tak hanya itu, acara kampanye dimanfaatkan para pedagang untuk menjual aksesoris Prabowo-Sandiaga. Mereka menggelar dagangannya di luar stadion. Mulai dari pin garuda merah, topi, kaos dan stiker 02.

Sementara gambaran di dalam stadion, basis massa 02 kompak membawa bendera dukungan. Antara lain lambang Partai Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat. Panggung orasi juga di desain wajah Prabowo-Sandi bertuliskan Indonesia Menang berwarna merah putih.

Sebagian pendukung pun ada yang duduk di atas stadion untuk melihat kedatangan Prabowo. Kemudian ada yang menggelar tiker di atas rumput sembari menunggu kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Sementara, puluhan aparat keamanan turut mengamankan lokasi kampanye. Di antaranya personel kepolisian yang dibantu para barisan keamanan dari para relawan Prabowo-Sandi.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Penyebab Persebaya Gagal Taklukkan Arema FC di Leg Pertama Final Piala Presiden 2019

Posted: 09 Apr 2019 09:45 PM PDT

Jakarta Laga final Piala Presiden 2019 antara Persebaya Surabaya dan Arema FC berjalan ketat dan menarik. Singo Edan sukses menahan imbang Bajol Ijo dengan skor 2-2 pada leg pertama laga final di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4/2019).

Persebaya dan Arema benar-benar mewujudkan sebuah laga yang ideal di final Piala Presiden 2019. Kejar-mengejar gol diperlihatkan oleh kedua tim dalam pertandingan ini.

Irfan Jaya lebih dulu mencetak gol untuk tuan rumah saat laga baru berjalan delapan menit. Umpan panjang Otavio Dutra mampu dimaksimalkan oleh Irfan untuk mengoyak jala gawang Arema.

Namun, Arema berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-32 setelah sukses merebut bola dan membawanya hingga berhadapan dengan kiper Persebaya, Miswar Saputra. Tembakan keras Hendro tak bisa dibendung oleh kiper muda Persebaya tersebut.

Bermain imbang 1-1 di babak pertama, Persebaya akhirnya kembali unggul pada menit ke-71 lewat eksekusi penalti Damian Lizio. Tim tuan rumah mendapatkan penalti setelah kapten Arema, Hamka Hamzah, dianggap telah melanggar Amido Balde di kotak penalti.

Sayangnya, keunggulan tersebut hanya bertahan selama tujuh menit. Lewat tendangan bebas Makan Konate, Arema mampu kembali membuat kedudukan imbang 2-2 yang bertahan hingga laga berakhir.

Hasil imbang di GBT ini tentu menjadi kerugian bagi Persebaya yang masih harus menjalani leg kedua final Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (12/4/2019). Persebaya datang ke Malang dengan kondisi tim tuan rumah sudah mengemas dua gol tandang dari leg pertama ini sehingga Persebaya tak memiliki pilihan selain menang di depan Aremania.

Melihat permainan Persebaya di leg pertama final Piala Presiden 2019, Bola.com menemukan tiga penyebab Bajul Ijo tidak berhasil mempertahankan keunggulan hingga akhirnya gagal meraih kemenangan di depan 50 ribu bonek yang memadati GBT.

Manu Jalilov dan Amido Balde Sulit Cetak Gol

Striker Persebaya Surabaya, Amido Balde, melepaskan tendangan ke gawang Arema FC pada laga final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persebaya Surabaya sejauh ini kerap mengandalkan Amido Balde dan Manu Jalilov untuk meraih pundi-pundi gol di Piala Presiden 2019. Kedua pemain asing tersebut pun masih menjadi pilihan utama Djadjang Nurdjaman di laga final yang digelar di depan bonek itu.

Sebelum pertandingan dimulai, Manu Jalilov dan Amido Balde merupakan dua pemain yang telah menyumbangkan lebih dari setengah jumlah gol Persebaya di Piala Presiden 2019. Dari total 15 gol dalam tujuh laga yang dicetak Persebaya, dua pemain tersebut mencetak sembilan gol, di mana Manu Jalilov mengemas lima gol dan memimpin daftar pencetak gol sementara, dan Amido Balde mencetak empt gol.

Namun, kedisiplinan para pemain Arema untuk mengawal kedua pemain ini terbukti membuat keduanya kesulitan untuk mencetak gol. Meski kadang kerap bisa melepaskan diri, seperti yang dilakukan Manu Jalilov saat menerima umpan Otavio Dutra di depan gawang Arema, tapi salah antisipasi bola membuat kiper Arema, Kurniawan Kartika Ajie, bisa mengamankan bola.

Amido Balde pun harus sampai terjatuh di kotak penalti yang berbuah penalti untuk Persebaya. Pemain asal Guinea-Bissau itu dilanggar oleh kapten Arema, Hamka Hamzah, saat berusaha merangsek masuk ke dalam kotak penalti Singo Edan. Upaya yang digagalkan oleh Hamka itu berbuah gol bagi Persebaya lewat eksekusi penalti Damian Lizio.

Sayangnya, dua pemain andalan Persebaya itu akhirnya tak berhasil mencetak satu gol pun di leg pertama final Piala Presiden 2019 dan gagal menyelamatkan timnya dari hasil imbang yang merugikan mereka jelang leg kedua final Piala Presiden di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Rapuhnya Koordinasi Lini Belakang Persebaya

Gelandang Arema FC, Makan Konate, merayakan gol ke gawang Persebaya Surabaya pada laga final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persebaya sebenarnya berhasil dua kali unggul lebih dulu. Namun, dua kali pula Arema mampu menyamakan kedudukan dalam leg pertama final Piala Presiden 2019 itu.

Euforia Bonek yang senang melihat tim kesayangannya berhasil unggul lebih dulu lewat Irfan Jaya sebelum pertandingan genap berjalan 10 menit, sempat terhenti ketika Hendro Siswanto membuat kedudukan seimbang pada menit ke-32. Hendro merebut bola dengan mudah dari kaki Fandi Eko Utomo dan membawa bola hingga ke dalam kotak penalti Persebaya tanpa pengawalan ketat dari pemain bertahan Bajul Ijo.

Dengan mudah Hendro Siswanto melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti ke arah sudut yang lebih sempit. Tembakan tanpa kawalan berarti itu membuat bola meluncur kencang tanpa bisa dihalau oleh Miswar Saputra yang mengawal gawang Persebaya.

Gol kedua yang dicetak Arema pun tak lepas dari kesalahan pemain Persebaya. Euforia Bonek yang sudah kembali bergembira karena gol penalti Dimian Lizio kembali terhenti ketika Makan Konate melepaskan tembakan jarak jauh dari situasi set-piece yang dengan mudah masuk ke dalam gawang Persebaya pada menit ke-78.

Kiper Persebaya, Miswar Saputra, tampak hendak keluar dari sarangnya ketika Makan Konate melepaskan tendangan melambung ke dalam kotak penalti Persebaya. Namun, Miswar terlambat menyadari bahwa bola langsung mengarah ke gawangnya sehingga mau tidak mau kiper muda tersebut mundur lagi dan berusaha menghalau bola yang melaju cepat.

Tangan tak sampai, bola pun masuk ke gawangnya untuk dua kali dalam pertandingan tersebut. Persebaya pun harus melangkah ke Malang untuk menjalani leg kedua final Piala Presiden 2019 dengan menelan pil pahit Arema mengantongi dua gol tandang jelang pertandingan tersebut.

Performa Buruk Miswar Saputra

Kiper Persebaya Surabaya, Miswar Saputra. (Bola.com/Yoppy Renato)

Harus diakui gol pertama Arema FC didukung oleh kurang baiknya koordinasi di lini belakang Persebaya sehingga Hendro Siswanto tidak terkawal ketat ketika melepas tembakan keras yang tak mampu dihalau Miswar Saputra. Kiper Persebaya itu sudah melompat untuk menggapai bola, tapi tetap tak berhasil menjangkaunya.

Namun, dalam dua pertandingan tersebut Miswar Saputra tampak dua kali melakukan kesalahan yang tidak perlu. Kesalahan pertama terjadi pada menit ke-60, di mana Miswar sebenarnya sudah melakukan penyelamatan setelah Arema berusaha melakukan serangan.

Namun, Miswar yang berdiri di sisi kiri gawang, dengan ceroboh mengumpan bola secara sembarangan. Sialnya, bola itu mengarah kepada pemain Arema, Ricky Kayame.

Beruntung, bek kanan Mokhamad Syaifuddin bergerak cepat dan mengamankan bola itu. Novan Sasongko kemudian berhasil membuang bola. Setelah insiden itu, nama Miswar mendapat teriakan bernada negatif dari Bonek.

Tak sampai di situ, blunder kembali dilakukan Miswar ketika hendak menghalau tendangan bebas Makan Konate pada menit ke-78. Blunder kali ini benar-benar harus dibayar mahal oleh kiper muda Persebaya itu. Sudah melangkah maju untuk meninggalkan gawangnya, Miswar terlambat menyadari bahwa bola sepakan Makan Konate langsung mengarah ke gawangnya dan gagal dihalau hingga masuk ke dalam gawang.

Seandainya Miswar Saputra mampu bermain lebih tenang dan tetap berada di posisinya. Tembakan jarak jauh Makan Konate dari situasi set-piece itu akan lebih mudah untuk diantisipasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Operasi, Tol Pasuruan-Probolinggo Pangkas Waktu Tempuh 2 Jam

Posted: 09 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo pada Rabu pagi. Jalan tol yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk selaku pengembang dan kontraktor ini memiliki panjang sekitar 31,3 kilometer.

Jalan tol yang biasa disingkat Paspro ini diresmikan Jokowi di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Jawa Timur. Saat meresmikan, Jokowi menyampaikan kini dari Merak sampai Banyuwangi sudah tersambung dengan jalan tol yang diharapkan bisa meningkatkan mobilitas orang atau barang.

"Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang sampai Probolinggo sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat Pulau Jawa di Merak ke Probolinggo itu tembusnya 962 kilometer. Kalau dulu ada Anyer-Panarukan yang dikerjakan oleh Daendles sekarang ada Merak-Banyuwangi yang dikerjakan Menteri PU," kata Jokowi di Probolinggo, Rabu (10/4/2019).

Menteri Rini kemudian menjelaskan, pengoperasian tol ini akan mempercepat waktu tempuh dari Pasuruan ke Probolinggo, dari semula 2,5 jam menjadi 30 menit. Diharapkan pengoperasian jalan tol Pasuruan Probolinggo juga akan turut mendorong roda perekonomian daerah dan nasional.

"Ini merupakan suatu proyek strategis nasional yang Alhamdulillah bisa selesai tepat waktu dan saat ini sudah diresmikan Bapak Presiden. Saya kira dengan adanya jalan tol Pasuruan-Probolinggo ini masyarakat akan punya waktu singkat dari Pasuruan ke Probolinggo cuma 30 menit dari 2,5 jam," tambah Menteri Rini.

 

3 Gerbang Tol

Tol Trans Jawa Pasuruan - Probolinggo. Dok: Kementerian PUPR

Sebagai informasi, Proyek Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo diperoleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk pada tahun 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp 2,9 triliun. Jalan Tol Pasuruan - Probolinggo memiliki 3 Gerbang Tol (GT) yakni, GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

Sebelumnya jalan tol Paspro telah dibuka secara fungsional saat periode libur Natal dan Tahun Baru 2019. Pengerjaan proyek jalan tol ini dimulai Mei 2016 dan selesai pada bulan Desember 2018.

Ruas Tol yang Bisa Beroperasi Fungsional Lebaran 2019

Tol Trans Jawa Pasuruan - Probolinggo. Dok: Kementerian PUPR

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ada beberapa ruas tol baru yang kelak memungkinkan untuk beroperasi fungsional pada saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Lantas, tol-tol mana saja yang nanti bisa dilalui saat Lebaran?

Dia menyebutkan, ruas-ruas tol yang secara proyeksi bisa digunakan secara fungsional tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa serta Tol Trans Sumatera. 

"Saya kira Probolinggo-Pasuruan sudah pasti kan. Sei Rampah-Tebing Tinggi sudah kemarin. Kemudian mungkin Pandaan-Malang juga sudah. Kemudian nanti yang di Sidoarjo Porong-Gempol mungkin bisa," jelasnya di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Berdasarkan paparannya, beberapa ruas tol seperti Tol Sei Rampah-Tebing Tinggi sepanjang 9,26 km yang menjadi bagian dari Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi memang telah dapat beroperasi tanpa tarif sejak Senin, 25 Maret 2019.

Beroperasinya tol tersebut membuat ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 Km yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera kini telah dapat beroperasi secara keseluruhan.

Basuki melanjutkan, jalan tol lain semisal Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 km yang juga sudah dibuka secara fungsional saat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dan kini siap menjalani proses uji laik fungsi.

"Sebetulnya saya kira kalau uji layak ini kan bisa minggu ini, bisa minggu depan, itu sudah selesai semua. Kemarin sudah ada festivalnya kan (Tol Paspro), artinya sudah mendekati peresmian," pungkas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tips Tangkal Hoaks di Medsos Jelang Pilpres

Posted: 09 Apr 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Waktu Pilpres semakin dekat, serangkaian informasi hoaks marak di media sosial. Untuk menghindarinya, ini deretan tips tangkal hoaks di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, 6 Potret Cowok Ganteng Bersama Durian Ini Bikin Terpesona

Posted: 09 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal buah durian? Aromanya yang khas dan rasanya yang begitu lezat selalu menjadi buruan. Julukan rajanya buah alias King of Fruits sangat cocok untuk buah yang berduri tajam ini.  

Sayangnya, ada beberapa penyakit yang tidak dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang satu ini, seperti orang yang menderita penyakit diabetes dilarang karena kandungan gula di buah ini begitu tinggi.  Meskipun tidak dilarang atau tidak menderita penyakit tertentu, ada sebagian orang yang tidak menyukai buah durian lho. Jangankan untuk mencicipinya mencium aromanya  saja tak segan.

Tapi tidak demikian pria satu ini. Ia justru terlihat sangat menyukai durian. Bahkan ia asyik berfoto dengan durian. Dilansir Liputan6.com dari World of Buzz, ada sebuah akun instagram yang menampilkan pria ganteng sedang foto bersama durian. Baru dibuat Maret 2019 yang lalu, akun ini sudah mendapatkan seribu lebih followers. 

Nah, penasaran kan bagaimana potret pria ganteng bersama durian? Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @hotdudeswithdurian, Rabu (10/4/2019) 6 potret pria ganteng bersama durian yang bikin kamu terpesona.

Potret Pria Ganteng Bersama Durian

1. Kalau ditatap gini sambil makan durian bikin meleleh enggak sih? 

Pria ganteng durian (Sumber: Instagram/@//hotdudeswithdurian)

2. Alek Teeradetch aktor Thailand juga berpose dengan durian.

Pria ganteng durian (Sumber: Instagram/@//hotdudeswithdurian)

3. Jordan Yeoh, model yang berjualan durian ini pasti membuat kamu ingin membeli durian.

Pria ganteng durian (Sumber: Instagram/@//hotdudeswithdurian)

Potret Pria Bersama Durian Lainnya

4.  Berbadan atletis tentu tidak akan kesusahan saat membuka kulit durian.

Pria ganteng durian (Sumber: Instagram/@//hotdudeswithdurian)

5. Stingto, aktor muda Thailand dengan potret bersama duriannya siap membuat para remaja menjerit.

Pria ganteng durian (Sumber: Instagram/@//hotdudeswithdurian)

6. Cuma bawa durian aja, potret pria ini kece abis ya.

Pria ganteng durian (Sumber: Instagram/@hotdudeswithdurian)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahdu, Duet Adera dan Ebiet G.Ade dalam Hit Berusia 37 Tahun

Posted: 09 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adera melempar lagu baru yang terhitung lawas. Disebut baru, karena diluncurkan tanggal 5 April lalu. Tapi, Adera kali ini membawakan karya lawas sang ayahanda, Ebiet G Ade.

Lagu bertajuk "Untuk Kita Renungkan" adalah salah satu hit legendaris Ebiet G.Ade. Saat tembang itu ngehit, tahun 1982, Adera belum lagi lahir.

Adalah Ebiet G.Ade yang mengajak sang putra berduet. Saat tembang "Untuk Kita Renungkan" dibuat, kondisi Tanah Air sedang dilanda bencana meletusnya Gunung Galunggung, di Jawa Barat.

Ternyata, penyanyi berusia 33 tahun ini berhasil memberikan rasa baru pada "Untuk Kita Renungkan". Masih terasa syahdu lantaran liriknya yang kuat, tapi dengan aransemen kekinian yang manis yang dibuat Adera.

"Merupakan satu kehormatan ayah saya mengajak berduet di lagu legendaris ini," kata Adera, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

Gunung Galunggung

Adera dan ayahanda, Ebiet G.Ade bawakan lagu lama

Lirik yang ditorehkan Ebiet G.Ade saat itu memang terinspirasi dari kondisi memprihatinkan masyarakat yang terdampak bencana gunung meletus itu. Saat 37 tahun lalu. abu Gunung Galunggung di kabupaten Tasikmalaya itu terasa sampai Jakarta.

Dan, kini lewat lagu "Untuk Kita Renungkan" rasa baru Adera dan ayahandanya, ingin menunjukkan rasa cintanya terhadap tanah air Indonesia.

"Saya berharap "Untuk Kita Renungkan" bisa menjadi angin segar yang mempersatukan rakyat Indonesia di tengah situasi perbedaan pandangan politik," kata Ebiet G.Ade, di Jakarta, beberapa waktu lalu.  

 

Jalan Berbeda

Adera dan ayahanda, Ebiet G.Ade bawakan lagu lama

Adera dikenal sebagai penyanyi yang mengusung jalur pop jazz, Aderaprabu Lantip Trengginas memulai karier di industri musik 8 tahun silam. 

Salah satu hit-nya "Serpihan Hati' masuk ke dalam album kompilasi A Story of Broken Heart yang diproduksi Jagonya Music & Sport Indonesia, tahun 2018. 

Suara dengan timbre tipis Adera, memang tak sama dengan vokals khas sang ayah. Ebiet G.Ade di masanya (era tahun 1980-an) dikenal sebagai pengusung lagu-lagua balada yang sarat dengan kritik sosial di lirik-lirik indahnya. 

Sementara Adera, memilih lirik manis cinta yang disukai banyak penggemar milenial. 

Musica Studios

Adera dan ayahanda, Ebiet G.Ade bawakan lagu lama

Sejak tanggal 5 April 2019, lagu "Untuk Kita Renungkan" bisa dinikmati di beragam platform digital. Musica Studios merekam kembali lagu kenangan milik sang legendaris ini bukan untuk sekedar mengajak pencinta musik bernostalgia. 

Adera dan Ebiet G.Ade juga mengajak seluruh penggemarnya untuk menebarkan kedamaian dengan hashtag #UNTUKNKRIDAMAI.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Jokowi, Menristekdikti Juga Menjajal Ketangguhan Motor Listrik Gesits

Posted: 09 Apr 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka membuka jaringan antara startup dengan industri dan investor, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengadakan Temu Akbar Startup Berbasis Teknologi dan Inovasi (Indonesia Startup Summit) 2019 di JIExpo Kemayoran.

Sebelum hadir dalam acara tersebut, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Muhammad Nasir mencoba menggunakan motor listrik karya anak bangsa, Gesits.

"Keren nih motornya. Ini baru motor beneran," kata Muhammad Nasir di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Setelah diuji jalan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, 7 November 2018 lalu, Gesits lama tak terdengar kabarnya.

 

Selanjutnya

Namun, motor ramah lingkungan hasil kolaborasi PT Technologies Indo (GTI) dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tersebut dipastikan unjuk diri dalam ajang otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

"Saya melihat motor yang tadi itu, saya coba pelan itu. Wah ini luar biasa, ini baru motor benar. Tarikan motornya ringan," ujar Muhammad Nasir.

Sama-Sama Buatan Indonesia, Pilih Motor Listrik Lincah atau Gesits?

Skutik listrik Lincah. (Ikbal/Otosia.com)

Motor listrik Gesits belum resmi meluncur, kini pesaing lokalnya, yaitu Lincah sudah diperkenalkan. Ya, motor listrik Lincah telah menyapa masyarakat Indonesia saat acara Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI) di BSD, Tangerang.

Produk bergaya skuter matik (skutik) ini mendahului motor listrik Gesits, yang sempat digadang-gadang akan dirilis pada 17 Agustus 2018 silam. Untuk diketahui, sampai saat ini Gesits juga masih belum diluncurkan.

 

 
 

 

Karena sama-sama produksi Indonesia, tidak ada salahnya jika membandingkan berbagai aspek yang dimiliki oleh Gesits dan Lincah, mulai dari spesifikasi hingga harganya.

Di sektor dapur pacunya, Gesits menggunakan baterai Li-ion yang dapat menempuh jarak maksimal 100 km dalam kondisi penuh. Pengisian daya komponen tersebut memakan waktu 1,5 sampai 3 jam.

Sementara itu, Lincah dibekali 2 buah baterai berkapasitas 1 kWh. Jarak tempuh maksimalnya bisa mencapai 60 km dengan waktu pengisian yang sedikit lebih lama dari Gesits, 3 sampai 4 jam.

Untuk urusan performa, keunggulan berada di pihak Gesits. Skutik listrik ini diklaim memiliki mesin setara motor konvensional berkapasitas 125cc dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Sedangkan Lincah, dengan baterai yang lebih kecil, skutik ini memiliki tenaga setara motor konvensional 100cc. Kecepatan maksimumnya pun hanya 70 km/jam.

Mengenai harga, baik Gesits maupun Lincah masih belum memiliki banderol resmi. Yang jelas, angka keduanya tak jauh dari kisaran 17-20 jutaan. Soal desain, silakan disesuaikan dengan selera Anda.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapore Open 2019: Hadapi Wakil Tiongkok, Ini Antisipasi Kevin / Marcus

Posted: 09 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra andalan Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan berhadapan dengan wakil Tiongkok He Jiting/Tan Qiang di babak kedua Singapore Open 2019, Rabu (10/4/2019). Keduanya cukup yakin bisa menang. 

Kevin/Marcus memang punya catatan yang cukup baik jika bertemu He Jiting/Tan Qiang. Kevin/Marcus mampu memenangi tiga pertemuan terakhir dengan He Jiting/Tan Qiang. 

Meski sering menang, Kevin/Marcus tak mau jemawa. Mereka sudah melakukan antisipasi saat bertemu He Jiting/Tan Qiang di babak kedua Singapore Open 2019.

"Buat besok jangan banyak mati sendiri, sabar. Yang penting bolanya safe dan bagus kualitasnya," kata Marcus.

"Setiap pertandingan pastinya ingin juara. Tapi kami nggak mau mikir terlalu jauh juga. Yang penting kami bisa menikmati setiap matchnya," kata Kevin mengenai targetnya.

 

Menang atas Berry/Hardianto

Kevin/Marcus lolos ke babak kedua Singapore Open 2019 setelah mengalahkan sesama wakil Indonesia, Berry Angriawan/Hardianto di babak pertama dengan skor 21-18, 13-21, 21-16.

"Kami sudah sering latihan bersama, sudah tahu satu sama lain. Mereka juga bukan pemain yang nggak bagus. Permainan mereka juga tenang dan mengontrol ritme di lapangan," kata Kevin dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Justice for Audrey, Atta Halilintar Batalkan Semua Pekerjaan

Posted: 09 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atta Halilintar turut mengunggah tagar Justice for Audrey. Ini merupakan bentuk simpatik Atta atas musibah yang dialami AY, siswi SMP 14 tahun di Pontianak, Kalimantan Barat.

Seperti diketahui, AY menjadi korban bullying dan pengeroyokan 12 siswi SMA. Akibat pengeroyokan tersebut, AY dikabarkan mengalami trauma berat.

Tagar Justice for Audrey pun langsung viral. Tak sedikit selebritas yang menyampaikan empatinya untuk membantu AY. Tak mau ketinggalan, Atta Halilintar pun langsung bereaksi.

"Merinding haru dari tadi baca berita tentang Adek Audrey. Semoga aku bisa ktemu sama Adik Audrey. 'Bully menyakiti orang ga akan bikin lo terlihat keren'," kata Atta Halilintar dikutip Showbiz Liputan6.com, Rabu (10/4/2019).

Terbang ke Pontianak

Tak tanggung-tanggung, Atta langsung memesan tiket pesawat ke Pontianak untuk menemui Audrey. Ia bahkan membatalkan beberapa pekerjaannya demi menemui korban bullying dan kekerasan tersebut.

"Maaf temen2 yg udah bikin acara aku izin ya. Besok aku ke pontianak Semoga bisa ketemu kamu ya adek audrey," tuturnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IMF Pangkas Proyeksi Ekonomi Global, Rupiah Melemah

Posted: 09 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini. Pelemahan rupiah ini terjadi usai IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global.

Mengutip Bloomberg, Rabu (10/4/2019), rupiah dibuka di angka 14.145 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.133 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.145 per dolar AS hingga 14.167 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 1,61 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.155 per dolar AS melemah tipis jika dibandingkan kemarin yang ada di angka 15.150 per dolar AS.

Rupiah yang ditransaksikan melemah ini seiring dipangkasnya proyeksi ekonomi global oleh Dana Moneter Internasional (IMF).

"IMF kemarin mengumumkan proyeksi terkini pertumbuhan ekonomi global, memangkas dari 3,5 persen pada proyeksi Januari 2019 sebelumnya menjadi 3,3 persen pada proyeksi April ini. Proyeksi ini merupakan yang terendah sejak 2009," kata Ekonom Samuel Aset Manajemen, Lana Soelistianingsih, seperti dikutip dari Antara.

IMF sudah tiga kali memangkas proyeksi ekonomi global dalam enam bulan terakhir. Hal yang mendasari IMF untuk memangkas proyeksinya adalah meningkatnya tensi perang dagang serta ketatnya kebijakan moneter dari Bank Sentral AS, The Federal Reserve (Fed).

"Perlambatan ini terutama karena melambatnya pertumbuhan ekonomi pada negara-negara maju dan menandai bebebrapa risiko global seperti naiknya bea masuk pada perdagangan internasional dan gangguan signifikan pada jaring pasokan," ujar Lana.

Lana memperkirakan pada hari ini rupiah akan bergerak melemah di kisaran 14.140 per dolar AS hingga 14.160 per dolar AS.

Pelemahan Sepekan

Nasabah mengantre menukarkan mata uang USD di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (5/9). Sebelumnya pada Selasa (4/9), Rupiah sempat mencapai level Rp 14.935 per dollar Amerika atau terlemah sejak 1998. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Pada pekan lalu, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo menyebutkan meski sering menguat, Rupiah mengalami depresiasi atau melemah terhadap Dolar AS (USD) pada pekan kemarin. 

"Rupiah mengalami depresiasi selama seminggu 0,5 persen," kata dia di kompleks BI, Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Kendati demikan, secara year to date (ytd) Dody menyebutkan jika kondisi Rupiah masih berada dalam tren yang positif. "Secara ytd masih positif apresiasi 0,9 persen," ujarnya. 

Dia mengungkapkan, depresiasi Rupiah saat ini dipengaruhi kondisi ekonomi global. Di mana pertumbuhan ekonomi dipastikan melambat serta Brexit yang masih belum ada kejelasan.

"Dan beberapa negara emerging market (berkembang) seperti Argentina mengalami tekanan Pesonya Turki juga demikian, treatment presiden membuat Lira tertekan itu secara global dari pasar keuangan ke emerging dampaknya terasa," ungkap dia.

Dody menjelaskan, kondisi Rupiah banyak dipengaruhi supply dan demand di pasar. Bank sentral pun dikatakan akan selalu menjaga Rupiah untuk tetap berada pada fundamentalnya.

 

Masih Murah

Teller tengah menghitung mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kendati demikian, dia mengakui nilai tukar Rupiah saat ini memang masih kemurahan atau undervalue.

"Jadi itu kita selalu melihat stabilitasnya mengarah menguat atau melemah tentunya sepanjang itu sesuai fundamentalnya harus kita terima. Kita melihat saat ini masih undervalue, sehingga seharusnya masih bisa lebih menguat," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Acara Temu Akbar Startup, Menristek Pakai Motor Listrik

Posted: 09 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) mengadakan acara Indonesia Startup Summit (ISS) di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Acara ini merupakan temu akbar 5.000 startup berbasis teknologi dan inovasi. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir hadir di lokasi acara dengan cara yang unik.

Dia mengendarai mobil listrik Gesits dari kantornya di Senayan hingga ke ruangan acara ISS. Nasir hadir di lokasi acara sekitar pukul 10.40 WIB sambil menaiki motornya menuju panggung acara.

"Ini adalah motor buatan anak Indonesia. Motor Gesits, pertama kali di Indonesia," kata dia.

 

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menghadiri acara Indonesia Startup Summit (ISS) di Jiexpo Kemayoran pada Rabu (10/4/2019). (Foto: Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu)

Sepeda motor listrik Gesits hasil kolaborasi PT Gesits Technologies Indo (GTI) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, telah diperkenalkan langsung ke Presiden Jokowi November 2018.

Gesits diproduksi oleh PT Wijaya Manufakturing (WIMA), perusahaan konsorsium PT Gesits Technologies Indo (GTI) dengan anak perusahaan BUMN PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi (PT WIKA).

Gesits akan diproduksi massal di pabrik perakitan yang berada di kawasan industri Wijaya Karya di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Pabrik perakitan itu mampu memproduksi 50.000 unit per tahun dan bisa ditingkatkan hingga 100.000 unit per tahun.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Rancangan Peraturan Presiden Kendaraan Listrik Masuk Tahap Final

Mobil listrik spesifikasi Rally Dakar garapan Institut Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, dan Universitas Budi Luhur (UBL), yang disebut Blits siap menjelajah Indonesia.(Arief/Liputan6.com)

Sebelumnya, Rancangan Peraturan Presiden tentang kendaraan listrik memasuki tahap final. Saat ini kementerian terkait sedang melakukan sinkronisasi untuk mematangkan regulasi tersebut.

Untuk menyelesaikan peraturan presiden tentang kendaraan listrik itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengumpulkan perwakilan beberapa instansi terkait di kantornya, pada 26 Februari 2019. Aturan ini ditargetkan sudah selesai pada 5 Maret 2019.

Hadir pada pertemuan ini antara lain Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto.

‎"Jadi kita bahas masih ada beberapa teknis tadi. Peraturan Presiden ini nanti tanggal 5 kita finalkan," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa 26 Februari 2019.

Menurut Luhut, setelah rancangan Perpred tentang kendaraan listrik tersebut selesai, kemudian dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk disahkan menjadi Peraturan Presiden.

‎"Tanggal 5 difinalkan di sini, cek lagi, sesudah itu baru diberikan ke Presiden," tuturnya.

Luhut mengungkapkan, dalam rancangan ‎Peraturan Presiden tentang kendaraan listrik, akan dicantumkan pemberian insentif untuk mendorong penggunaan kendaraan ini.

‎"Ya jalan terus itu, nanti lihat saja di situ kan sudah ada.‎ Ya, setelah itu disetujui semua kita cek, instansi terkait hadir sehingga tidak ada yang merasa tidak terlibat," tandasnya.

 

YLKI: Pakai Kendaraan Listrik, Konsumen Bisa Hemat

Mobil listrik Honda (ist)

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung upaya pemerintah mengembangkan kendaraan listrik dan peralatan rumah tangga berbahan bakar listrik. Hal ini dinilai menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin lebih hemat dalam pemakaian energi.

Ketua Pengurus Harian YLKI‎ Tulus Abadi mengatakan, penggunaan sejumlah perlengkapan berbasis listrik mulai dari kompor listrik, motor dan mobil listrik akan menjadikan konsumen memiliki pilihan dalam komoditas energi.

"Artinya apabila tersedia semakin banyak pilihan energi yang disediakan oleh negara, maka akan semakin efisien. Selain itu, dengan dengan adanya mobil listrik atau motor listrik, dari segi polusi, bisa menekan pengeluaran dari sisi bahan bakar," ujar dia di Jakarta, Selasa 26 Februari 2019.

Namun demikian, bagi masyarakat konsumen, mengubah pola hidup menjadi lebih banyak menggunakan listrik dibanding energi lainnya seperti minyak dan gas akan tergantung pada harga yang ditawarkan.

"Kalau harga jual tenaga listrik yang ditawarkan lebih murah, bagi masyarakat bisa saja menjadi alternatif pilihan. Tetapi sebaliknya kalau penawaran harganya mahal, akan sulit bagi masyarakat beralih pada listrik," ungkap dia.

Sementara itu, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka mengemukakan, PLN siap mendukung upaya pemerintah dalam mengalihkan penggunaan energi fosil seperti minyak dan gas ke listrik.

"Pada akhirnya kita memang harus sepakat untuk mempertajam berbagai sumber alam yang dapat memberi kontribusi penguatan ekonomi Indonesia, sekaligus berarti meminimalisir berbagai hal, terutama pada pos-pos pengeluaran belanja negara, yang memiliki fungsi substistusi yang bersumber dari dalam negeri," kata dia.

Penggunaan energi listrik, lanjut dia, akan memberikan efisiensi dan penghematan yang lebih besar. Selain itu, listrik juga didapat dari sumber energi baru dan terbarukan.‎

"Dengan demikian maka kita dapat melakukan bauran energi yang paling ekonomis, untuk menghasilkan sumber listrik yang sustain, baik dalam hal kapasitas, ketersediaan, dan juga harganya," tandas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Netanyahu Klaim Kemenangan di Pemilu Israel

Posted: 09 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Benjamin Netanyahu mengklaim kemenangannya di pemilu Israel setelah sebuah jajak pendapat menyebutkannya unggul dibanding pesaingnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kunci Padu Padan Busana Serba Putih, Agar Lebih Fashionable

Posted: 09 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Busana saat ini bukanlah sekadar pemenuhan kebutuhan sandang manusia. Busana menjelma menjadi mode yang terus berkembang di tiap eranya. Salah satu mode busana yang tak lekang oleh waktu adalah busana serba putih.

Warna putih merupakan warna netral yang banyak digunakan dalam ragam mode busana. Warna ini dinilai aman untuk dipadu padankan dengan warna-warna lain. Selain itu, mengenakan busana serba putih akan memberimu kesan bersih dan segar.

Putih merupakan warna dasar yang dapat diubah dengan berbagai macam gaya. Mulai dari busana kasual hingga elegan, busana serba putih menjadi favorit banyak orang. Inilah yang membuat pakaian serba putih menjadi tren yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Busana serba putih menjadi pilihan banyak orang untuk terlihat menarik. Meskipun ada beberapa keadaan yang menentukan kapan kamu bisa mengenakan pakaian serba putih, ada beberapa kunci praktis tentang cara mengenakan pakaian klasik ini. Dengan padu padan yang tepat, kamu dapat tampil stylish dengan busana serba putih.

Berikut kunci padu padan busana serba putih untuk kamu yang ingin tampil fashionable. Dilansir Liputa6.com dari Her Beauty, Rabu (10/4/2019)

Padukan berbagai variasi warna putih

Kunci Padu Padan Busana Serba Putih (sumber:  HerBeauty)

Warna putih memiliki berbagai variasi dan turunan. Sebut saja putih tulang, putih salju, dan lain sebagainya. Anda dapat memadukan busana dengan variasi warna putih yang berbeda-beda. Pastikan untuk memeriksa seluruh warna pakaian di bawah beberapa jenis pencahayaan.

Namun, yang perlu diperhatikan dari padu padan ini adalah padukan variasi warna putih yang tepat. Jangan sampai busana yang kamu padukan terlihat belang dengan satu outfit memiliki warna putih terang, dan outfit lain berwarna putih gelap, hal ini malah akan membuatnya terkesan kotor.

Pastikan putih yang kamu padukan saling melengkapi satu sama lain dengan tidak terlihat terlalu gelap atau cerah. Putih yang tidak cocok benar-benar dapat menghancurkan gaya berpakaianmu.

Tambahkan aksesori

Kunci Padu Padan Busana Serba Putih (sumber: HerBeauty)

Aksesori cantik adalah cara yang tepat untuk memecah monotonnya pakaian serba putih. Putih adalah warna netral yang sempurna. Warna ini memberi kamu kebebasan untuk berani berkreasi dengan aksesori yang kamu miliki.

Cobalah aksesoris pantai untuk tampilan yang menyenangkan dan kasual. Atau menambahkan aksesoris emas untuk memberikan kilau yang elegan. Kamu juga bisa menambahkan aksesori dengan berbagai semburan warna untuk membuat pernyataan berani.

Semuanya tergantung pada apa yang kamu pilih, aksesori akan memberikan definisi dan gaya pakaian serba putihmu. Aksesori yang agak mencolok juga dapat menghilangkan kesan membosankan pada pakaian serba putihmu dan memberi daya tarik tersendiri untuk penampilanmu.

Mainkan tekstur

Kunci Padu Padan Busana Serba Putih (sumber: HerBeauty)

Mengenakan pakaian monokromatik juga memungkinkanmu untuk memadu padankan dengan tekstur yang ada. Tiap busana pasti memiliki tekstur yang berbeda satu sama lain.

Memasangkan tekstur yang berbeda dapat membumbui warna serba putih yang kamu kenakan. Selain itu tekstur akan memberimu kesan stylish dan fashionable.

Coba padankan busana serba putihmu dengan jeans dengan atasan rajutan, atau rok sutra dan sweater besar. Tekstur akan menambah dimensi dan akan membantu kamu menjaga pakaian putih tidak menjadi polos dan membosankan.

Busana berlapis

Kunci Padu Padan Busana Serba Putih (sumber: HerBeauty)

Buat kesan lebih mendalam ke pakaian serba putihmu dengan menambahkan layer pada pakaian. Ini cocok dengan aturan tekstur yang bervariasi, karena tekstur berlapis dapat memberimu kesan stylish sekaligus akan membentuk badanmu.

Coba pasangkan rok panjang dengan sweater pendek atau, blus dengan cardigan. Layers adalah cara yang bagus untuk bermain-main dengan pakaian serba putihmu.

Layer yang ada dapat menambahkan dimensi di mana kamu dapat menyembunyikan bagian-bagian tubuh yang membuatmu terlihat gemuk.

Seimbangkan berbagai bentuk dan potongan

Kunci Padu Padan Busana Serba Putih (sumber: HerBeauty)

Padu padan busana serba putih terkadang cukup rumit dan dapat memberi kesan membosankan atau tak cocok di tubuhmu. Untuk memastikan busana serba putihmu adalah padu padan yang tepat, perhatikan berbagai variasi potongan dan bentuk yang berbeda.

Cobalah pasangkan busana yang ketat atau pas di tubuh dengan potongan-potongan busana putih yang lebih longgar. Kunci ini bertujuan untuk menonjolkan lekuk tubuhmu dengan penuh gaya. Kamu bisa memadukan rok pensil dengan blus longgar atau kaos yang pas di tubuh dengan celana kulot.

Padukan dengan warna netral lain

Kunci Padu Padan Busana Serba Putih (sumber: HerBeauty)

Meski busana serba putih adalah tampilan klasik, mengenakan pakaian putih dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa terlihat berlebihan dan membuat penampilanmu tak nampak stylish.

Paduan warna netral dapat menjadi alternatif dari padu padan busanamu agar terlihat lebih fashionable. Padu padan ini dapat berupa pemilihan aksesori seperti ikat pinggang, kalung, gelang, sepatu, tas, bahkan riasan.

Juga, jika kamu menggunakan aksesori serba putih, kamu akan lebih sulit untuk menjaga aksesori, seperti sepatu dan tas, untuk tetap bersih. Gunakan warna-warna netral, seperti krem, abu-abu atau perak untuk sepatu, dompet, dan bahkan kuku atau riasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pangandaran Jadi Tempat Uji Coba Frekuensi 700MHz

Posted: 09 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Pangandaran - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akhirnya resmi menggulirkan uji coba frekuensi 700MHz untuk komunikasi kebencanaan.

Adapun uji coba Public Protection and Disaster Relief (PPDR) ini dilakukan di kawasan Pangandaran, Jawa Barat.

Terpilihnya Pangandaran sebagai lokasi uji coba frekuensi 700MHz ini juga bukan tanpa alasan.

Direktur Pengembangan Pitalebar, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo, Benyamin Sura,menuturkan frekuensi 700MHz di Pangandaran belum terutilitasi sehingga dapat dijadikan lokasi uji coba.

Sekadar informasi, frekuensi 700MHz sendiri sebenarnya masih digunakan untuk penyiaran televisi analog.

Sementara, untuk mengubah peruntukannya, masih perlu menunggu Revisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

"Pangandaran dipilih tidak hanya karena wilayah rawan bencana, tapi juga 700MHz belum diutilisasi di sini, sehingga dapat dimanfaatkan untuk uji coba komunikasi kebencanaan ini," kata Benyamin di Plasa Telkom Pangandaran, Selasa (9/4/2019).

Pangandaran sendiri memang merupakan daerah urutan ke 16 rawan bencana dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata yang turut hadir dalam peluncuran uji coba ini.

"Kami sendiri sedang mapping wilayah usai perstiwa tsunami 2006. Karenanya, kami menyambut baik uji coba frekuensi 700MHz ini agar kecepatan respons saat mitigasi bencana hingga evakuasi lebih baik," tutur Jeje.

Adapun penggunaan frekuensi 700MHz untuk uji coba komunikasi kebencanaan ini juga didukung oleh anggota komisi I DPR RI, Budi Youyastri.

Dia menuturkan dengan penggunaan frekuensi ini diharapkan akses informasi saat terjadi bencana dapat lebih cepat.

"Saya setuju frekuensi 700MHz untuk kebencanaan dan saluran khusus lainnya. Saya mendukung 100 persen uji coba ini. Kalau kita punya time response bencana 30 detik, orang tentu akan lebih nyaman ke Pangandaran," lanjutnya.

Fungsi Uji Coba Frekuensi 700MHz untuk Komunikasi Kebencanaan

Menkominfo Rudiantara menyaksikan uji coba penggunaan frekuensi 700MHz untuk komunikasi kebencanaan (Liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Benyami juga mengungkap tujuan dari dilakukannya uji coba ini. Menurut Benyamin, uji coba tersebut merupakan bagian dari persiapan frekuensi khusus untuk kebencanaan.

Selain itu, dengan uji coba ini,diharapkan dapat mengumpulkan informasi seputar kualitas layanan, pengujian aplikasi, termasuk konektivitas.

"Nantinya, data tersebut dapat dijadikan sebagai roadmap PPDR bagi pemerintah pusat dan pemerintah daerah," tuturnya menjelaskan.

 

Demo dari Dukungan Teknis Telkom

Green Canyon, Pangandaran. (Indonesia Tourism)

Dalam uji coba ini ada Motorola, Nokia, Huawei, Hytera dengan Inti yang melakukan demo melalui dukungan teknis PT Telkom memanfaatkan teknologi broadband public safety LTE.

Para penyedia itu melakukan beberapa uji coba, mulai dari SMS Blast, panggilan suara antar petugas, pengiriman gambar dan video secara real time, termasuk pengujian fitur di aplikasi layanan radio komunikasi.

(Dam/Jek)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Artis Ditangkap Atas Dugaan Narkoba

Posted: 09 Apr 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap seorang artis terkait dugaan penyalahgunaan narkoba. Hal Kepala Sub Direktorat II Narkoba Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Doni Alexander.

Meski demikian, Doni masih enggan membeberkan kronologi, inisial, serta barang bukti yang diamankan dalam penangkapan tersebut.

"Nanti ke Kabid Humas, ya," kata Doni, Rabu (10/4/2019).

Menurutnya, penyidik masih memeriksa artis tersebut guna mengembangkan penyidikan.

"Nanti ya, kita masih dalam pemeriksaan nih. Nanti kita akan rilis," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo menyebutkan, bila artis yang ditangkap karena dugaan narkoba itu adalah artis Film Televisi atau FTV.

"Iya, itu artis FTV," kata Argo.

Sebelumnya, seorang selebgram ditangkap kepolisian karena kedapatan menyimpan sabu. Dua bulan lalu, Steve Emmanuel diamankan polisi atas dugaan kepemilikan narkoba jenis kokain.

Berkas perkara narkoba milik Steve Emmanuel sudah dinyatakan lengkap. Selanjutnya, Polres Jakarta Barat menyerahkan tersangka dan barang bukti ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Barat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Muda Gay Ini Digadang-gadang Jadi Presiden AS 2020?

Posted: 09 Apr 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pete Buttigieg, wali kota muda yang namanya belum begitu dikenal dari South Bend, Indiana, kini menjadi 'bintang' baru dalam partai yang menaunginya: Demokrat.

Politikus 37 tahun ini disebut-sebut akan maju dalam pilpres Amerika Serikat 2020 dan menjadi satu-satunya kandidat termuda, juga gay pertama dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Sebulan yang lalu, Buttigieg tampil di sebuah acara televisi dan mendapat sambutan baik dari para pemirsa di AS, menurut pengamat politik dan publik. Bagi ahli, masyarakat saat ini ingin 'mencari wajah baru'.

Anggota veteran tim kampanye Obama, David Axelrod, menyebut bahwa Buttigieg adalah sosok yang cerdas, bijaksana dan menyenangkan.

Sedangkan bagi Andrew Sullivan dari New York Magazine, Buttigieg mungkin adalah saingan terberat Donald Trump di Demokrat.

"Dalam hal gaya, generasi, perilaku, dan latar belakang, Buttigieg adalah orang yang nyaris sempurna untuk menyaingi kekuasaan, usia, temperamen, dan hak istimewa Trump," tulisnya.

Bahkan beberapa politisi sayap kanan telah mencatat potensi menonjol dalam diri Buttigieg, kata Seth Mandel dari Washington Examiner.

Ia mengatakan, "Buttigieg orangnya tenang, waras, dan punya humor bagus saat tampil di layar kaca, dan kita harus bisa menghargai itu terlepas dari politik."

Jajak pendapat preferensi Demokrat yang dilakukan baru-baru ini, pun menunjukkan angka yang tinggi untuk Buttigieg, termasuk menempatkannya pada urutan ketiga dalam survei pemilih Demokrat di Iowa.

Memoar pribadinya, "Shortest Way Home", telah muncul dua kali dalam daftar buku terlaris non-fiksi versi New York Times. Ini dicap sebagai sebuah prestasi yang belum pernah dicapai dari buku-buku kampanye para pesaingnya untuk pilpres Amerika Serikat 2020.

Kandidat yang Tidak Kuno

Ilustrasi Pemilu 1(Liputan6.com/M.Iqbal)

Buttigieg baru-baru ini mengumumkan ia telah mengumpulkan lebih dari US$ 7 juta dalam tiga bulan pertama tahun 2019 untuk kampanye.

Pendukung Buttigieg juga membludak karena penampilannya pada Jumat malam, 5 April 2019, di Manchester, New Hampshire. Oleh karena itu, lokasi orasi harus dipindahkan dari brewpub lokal ke museum seni kota untuk mengakomodasi jumlah pemilih yang datang.

Bahkan tempat tersebut telah mencapai kapasitas dalam waktu setengah jam sebelum Buttigieg dijadwalkan berbicara di podium, berdasarkan artikel yang dimuat di BBC, Rabu (10/4/2019).

Pria yang memiliki pasangan sesama jenis itu, kini menjadi kandidat 'panas' Demokrat. Pada hari Minggu pekan ini, di South Bend, ia akan secara resmi mengumumkan peluncuran kampanye kepresidenannya di hadapan orang banyak yang antusias dan memujanya.

Buttigieg pertama kali terpilih memegang jabatan top di South Bend pada November 2011. South Bend adalah sebuah kota pascaindustri di Indiana yang terkenal sebagai rumah bagi Notre Dame University.

Dia memenangkan pemilihan ulang pada tahun 2015 dan mengetuai Democratic National Committee pada tahun 2017.

Dengan pengalaman politik yang relatif minim, "Wali Kota Pete" --sebagaimana para pendukungnya memanggilnya-- sangat bergantung pada latar belakang yang dimilikinya agar bisa mencalonkan diri sebagai presiden.

Ia sendiri dibesarkan di South Bend, putra dari seorang profesor di Notre Dame University. Ayahnya, yang meninggal pada Januari lalu, beremigrasi dari Malta pada 1970-an.

Buttigieg punya riwayat pendidikan di sekolah-sekolah elit, lulusan Harvard dan Oxford dengan gelar Rhodes Scholar, di mana ia mendapatkan predikat cumlaude.

Setelah habis masa studi, ia bekerja di perusahaan konsultan manajemen internasional McKinsey and Co di Chicago dengan gaji enam digit, sebelum akhirnya kembali ke kota asalnya untuk menggeluti dunia politik.

Pada 2009 ia menerima komisi sebagai perwira intelijen di US Naval Reserve dan lima tahun kemudian --dua tahun setelah terpilih sebagai wali kota South Bend-- Buttigieg dikerahkan ke Afghanistan selama tujuh bulan.

Uniknya, ia juga menguasai bahasa ala orang-orang Midwestern. Biodata diri tentang Buttigieg sudah cukup untuk membuat kolumnis New York Times, Frank Bruni, sempat berpendapat pada Juni 2016 bahwa wali kota muda ini tampaknya sengaja disimpan terlebih dahulu oleh Demokrat untuk nantinya 'dikeluarkan' pada momen yang tepat.

"Dia selalu bisa mengatakan hal yang benar, dengan nada yang tepat," tulis Bruni.

Pencalonan Bersejarah

Bendera di gedung-gedung federal AS dikibarkan setengah tiang untuk menghormati kepergian John McCain (AP/J David Ake)

Lalu ada satu faktor yang membedakan Buttigieg dari politikus Demokrat lainnya --dan dari kandidat presiden dalam sejarah AS. Pada 2015, tak lama di tengah kampanye pemilihan ulang wali kota, Buttigieg mengumumkan di sebuah kolom surat kabar lokal bahwa ia gay.

"Menempatkan sesuatu yang pribadi seperti ini, di halaman koran, tidaklah mudah," tulisnya di South Bend Tribune. "Tapi jelas bagiku bahwa sekarang, bersikap lebih terbuka bisa bermanfaat."

"Menjadi gay tidak mempengaruhi kinerja saya dalam berbisnis, di militer, atau dalam peran saya sebagai wali kota," lanjutnya.

Dalam kampanyenya, Buttigieg tidak berkoar-koar tentang seksualitasnya dan jarang berbicara soal sifat dasar pencalonannya, meski pendukungnya kemungkinan sudah tahu jati diri 'idola' mereka.

"Saya tetap mengaguminya meski dia gay dan mengakuinya secara terbuka," kata Celia Botto dari Manchester, yang datang ke acara Buttigieg bersama suaminya, Brandon. "Yang aku yakini adalah butuh waktu lama bagi seorang pria gay terbuka untuk mencalonkan diri sebagai presiden."

Kebijakan Aneh

Buttigieg mempunyai reputasi sebagai seorang intelektual. Ia dikabarkan mampu berbicara dalam tujuh bahasa dan menyukai "Ulysses" karangan James Joyce sebagai buku favoritnya. Sebagai seorang calon presiden, ia berencana untuk mencampurkan atau mereformasi pemerintah federal dengan legislatif.

Ia ingin meniadakan seleksi di perguruan tinggi, mengusulkan untuk memperbanyak jumlah hakim di Mahkamah Agung AS, dan memberikan status kenegaraan kepada Washington, D.C. dan Puerto Rico --sebuah langkah yang dipastikan akan memperkuat perwakilan Demokrat di Senat AS.

Dia menganjurkan layanan kesehatan universal, tetapi yang sejalan dengan kebijakan Demokrat yang lebih moderat --alih-alih membatalkan sistem asuransi kesehatan swasta saat ini.

Di samping itu, gagasan sekolah gratis di tingkat universitas negeri akan menggunakan uang pajak dari kelas pekerja (working class) secara regresif.

Namun, pidato Buttigieg lebih menitik beratkan pada visi ketimbang rincian kebijakan yang bakal ia canangkan.

"Kami, sebagai Demokrat, adalah orang-orang penentu kebijakan. Terkadang lupa membahas nilai-nilai yang memotivasi kebijakan kami," kata Buttigieg di Manchester.

Dia menambahkan, kaum konservatif berbicara tentang nilai kebebasan dalam konteks negatif, antara lain kebebasan dari peraturan pemerintah, perpajakan dan kontrol.

Demokrat, ucapnya, harus mengadvokasi "berbagai macam kebebasan", seperti kebebasan untuk memiliki asuransi kesehatan yang berkualitas, atau perwakilan serikat pekerja, atau pilihan reproduksi (hak aborsi), yang semuanya dijamin oleh pemerintah.

Ini mengingatkan rakyat AS akan empat kebebasan Franklin Roosevelt: kebebasan berbicara, kebebasan beragama, kebebasan dari keinginan dan kebebasan dari ketakutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Sekjen DPR dan Staf Khusus Menag Terkait Kasus Romahurmuziy

Posted: 09 Apr 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Indra Iskandar dan Staf Khusus Menteri Agama (Menag), Hadi Rahman terkait kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (RMY).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, mereka diperiksa dengan kapasitas sebagai saksi atas tersangka Romahurmuziy.

"Keduanya diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RMY," tutur Febri dalam keterangannya, Rabu (10/4/2019).

Dalam pemeriksaan ini, keduanya diduga mengetahui kronologi dari perkara jual beli jabatan di lingkungan Kemenag.

Sebelumnya, KPK menggeledah Kantor Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Ditemukan uang dengan nominal sekitar Rp 180 juta ditambah US$ 30 ribu.

Uang tersebut kemudian akan dipelajari penyidik KPK dan menjadi bagian dari pokok perkara kasus tersebut. Termasuk juga menyelidiki sejumlah dokumen yang didapatkan dari lokasi penggeledahan lain, yakni kantor DPP PPP dan rumah Romahurmuziy di Condet.

KPK Duga Pihak Kemenag Terlibat

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan rompi tahanan meninggalkan gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Surabayapada Jumat (15/3) pagi itu ditahan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

KPK juga sudah mengantongi nama, bukti dan informasi dugaan keterlibatan pejabat Kementeriaan Agama (Kemenag) dalam kasus dugaan jual-beli jabatan di Kemenag yang menjerat mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi.

"Siapa pihak Kemenag yang juga ikut terlibat dan kerja sama dengan RMY (Romi). Siapa orang tersebut belum bisa disampaikan karena masih dalam proses penyidikan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

KPK menduga, dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag, Romi tidak bermain sendiri. Menurut Febri, Romi melakukan hal tersebut secara bersama-sama dengan pejabat Kemenag.

"Karena RMY (Romi) diduga tidak melakukan korupsi sendirian, ada pihak lain di Kementerian Agama yang kami indikasikan sejak awal itu bekerja sama dengan RMY," kata Febri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tagar Justice For Audrey Ramai di Medsos Curi Perhatian

Posted: 09 Apr 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Topik mengenai kasus bullying terhadap seorang siswi SMP negeri bernama Audrey, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com, Selasa (9/4/2019).

Dua artikel lain yang tak kalah populernya, yakni petisi Justice For Audrey muncul di Change.org, dan pengguna Windows 10 tak perlu ribet copot flashdisk lagi.

Tanpa berpanjang lebar, langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Tagar Justice For Audrey Viral di Twitter, Ada Apa?

Ilustrasi/copyright shutterstock

Tagar Justice For Audrey (#JusticeForAudrey) menjadi trending topic di lini masa Twitter Indonesia. Tagar ini viral dikicaukan oleh warganet di lini masa Twitter, Selasa (9/4/2019).

Ada apa dengan tagar Justice For Audrey dan siapakah Audrey yang dibela keadilannya oleh warganet?

Rupanya, kasus ini merupakan bentuk perisakan atau bullying terhadap seorang siswi SMP bernama Audrey yang bersekolah di sebuah SMP negeri di Pontianak, Kalimantan Barat.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Viral di Twitter, Warganet Bikin Petisi Justice For Audrey di Change.org

Justice for Audrey (Foto: Twitter)

Kasus perisakan alias bullying terhadap seorang remaja berusia 14 tahun bernama Audrey di Pontianak mendadak jadi viral dengan tagar Justice for Audrey.

Simpati untuk Audrey serta kemarahan kepada para pelaku yang berjumlah 12 orang ramai-ramai diunggah dengan tagar Justice For Audrey #JusticeForAudrey.

Tak terima dengan kasus kekerasan terhadap siswa SMP itu, warganet pun membuat petisi online di laman Change.org.

Selengkapnya baca di sini

3. Pengguna Windows 10 Kini Tak Perlu Ribet Copot Flashdisk

dok: jalantikus.com

Mencabut flashdisk atau flash drive dari PC dan laptop Windows memang membutuhkan sedikit waktu dan effort.

Pasalnya, pengguna harus memilih opsi safely eject sebelum benar-benar mencabut flashdisk dari slotnya.

Namun, kini ada kabar baik bagi semua pengguna Windows yang sudah menggunakan OS Windows 10.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Bukti Gaya Modis Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Bak Anak Muda

Posted: 09 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, Indonesia memiliki 8 menteri perempuan dengan prestasi gemilang. Salah satunya Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang merupakan sosok di balik terpilihnya Indonesia menjadi Dewan Keamanan PBB Sementara.

Baru-baru ini, wanita kelahiran tahun 1962 ini membagikan kegiatannya dalam kunjungannya ke New York dan Belanda dalam rangka tugas negara. Penampilan Retno Marsudi menarik perhatian warganet saat menghabiskan waktu pribadi.

Pasalnya, Menlu Retno Marsudi mengenakan penutup kepala berupa topi kupluk yang membuat gayanya semakin modis. Sayangnya, tak banyak yang tahu mengenai sisi lain dari wanita berzodiak Sagitarius ini.

Resep gaya modis Menlu Retno Marsudi

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

Meski sibuk menghabiskan banyak waktunya menjalankan tugas sebagai Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi tidak pernah lupa untuk memperhatikan penampilannya agar selalu terlihat menarik.

Dalam suatu kesempatan, Menlu Retno Marsudi membeberkan rahasianya untuk selalu tampil modis. Ia sebut resepnya itu sebagai 'The Essentials', di mana terdiri dari beberapa item yang ia jadikan andalan dalam berpenampilan.

Rahasianya itu ia bagikan melalui Instagram pribadinya @retno_marsudi. Bak anak muda, Menlu Retno Marsudi punya resep fashion tersendiri yang menjadi cikal bakal penampilan modisnya dalam berbagai pertemuan.

Lantas seperti apa sih penampilan sehari-hari Menlu Retno Marsudi? Tak usah berlama-lama, simak 7 bukti gaya modis srikandi Indonesia Retno Marsudi, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari Instagram pribadinya @retno_marsudi, Rabu (10/4/2019).

1. Menghadiri acara pembukaan Asian Games 2018 mengenakan bros warna hijau sebagai aksesori.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

2. Aksesori wajib Menlu Retno Marsudi berupa syal yang Ia kalungkan di leher.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

3. Menghadiri kampanye pembersihan pantai di Bali dengan penutup kepala warna-warni.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

4. Baju hitam polosnya terlihat cantik berkat 2 bros yang disematkan di baju.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

5. Menlu Retno Marsudi tampil elegan dengan baju lajuran berwarna hitam beserta syal bergaris.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

6. Kali ini Menlu Retno Marsudi menyematkan bros warna perak berukuran besar dan tak lupa antingnya.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

7. Foto terbaru Menlu Marsudi mengenakan topi kupluk dan jaket tebal dalam kunjungannya ke New York.

Gaya modis Menlu Retno Marsudi (Sumber: Instagram/retno_marsudi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lolos ke Babak Kedua Singapore Open 2019, Hendra / Ahsan Tantang Ganda Korea

Posted: 09 Apr 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammd Ahsan memastikan diri lolos ke babak kedua Singapore Open 2019. Tiket itu mereka dapaat usai mengalahkan sesama ganda Indonesia, Wahyu Nayaka/Arya Pangkaryanira.

Hendra/Ahsan menang dua set langsung, 21-9 dan 21-15. Mereka menjadi pasangan Indonesia kedua, yang lolos ke babak kedua Singapore Open 2019. Sebelumnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Di babak kedua, Hendra/Ahsan akan menghadapi ganda putra Korea Selatan, Lee Yong Dae/Kim Gi Jung. Laga ini dipastikan tak akan mudah bagi Hendra/Ahsan, sebagai lawannya bukn ganda sembarangan.

Namun begitu, salah satu ganda putra terbaik Indonesia ini tetap optimistis di Singapore Open 2019. "Yang penting permainan kami bisa berkembang dulu, selebihnya mengikuti di lapangan," sebut Hendra di situs PBSI.

Pertemuan Kedua

Ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, melangkah ke perempat final Malaysia Terbuka 2019, Kamis (4/4/2019). (PBSI)

Bagi Hendra/Ahsan, ini kedua kalinya mereka berhadapan dengan Lee/Kim. Sebelumnya, mereka berhasil mengalahkan sang lawan di Malaysia Masters 2019.

Ketika itu, Hendra/Ahsan menang 21-16 dan 21-13.

"Kami harus sabar lawan mereka. Karena mungkin mereka nggak gampang mati. Jadi tahan-tahanan saja," ujar Ahsan.

 

Tak Terbebani

Hendra/Ahsan sendiri mengaku tidak memasang target tertentu di Singapore Open 2019. Status sebagai juara bertahan, tak membuat mereka terbebani.

"Kami nggak memikirkan untuk juara dulu, satu-satu dulu saja. Karena setiap lawan kan tidak mudah. Apalagi besok sudah ketemu yang lumayan berat," ungkap Ahsan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Berikan Honornya untuk Bela Justice for Audrey

Posted: 09 Apr 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - AY, siswi asal Pontianak yang menjadi korban penganiayaan viral di media sosial. Warganet beramai-ramai membentuk tagar Justice for Audrey untuk mengawal langkah hukum terhadap pelaku penganiayaan.

Bahkan pengacara kondang Hotman Paris ikut mendukung kampanye Justice for Audrey. Hotman Paris membuktikannya dengan turun langsung mengawal kasus AY.

Tak cuma itu, untuk membantu penanganan kasus Justice for Audrey, Hotman Paris sampai menyumbangkan seluruh honornya. Ia akan mendampingi kasus itu sampai mendapatkan keadilan. 

"Kasihan itu putrinya, kepada keluarga korban saya baru dapat honor dari Pesantren di Jombang, itu semua honor akan saya sumbangkan ke ibu korban sebagai awal dari perlawanan hukum," kata Hotman Paris melalui Instagram, Rabu (10/4/2019).

 

 

 

Dukungan Moril

Animasi Justice For Audrey, media seni untuk menuntut keadilan bagi korban bully di Pontianak, Kalimantan Barat. (dok. Instagram @fadelfdil/https://www.instagram.com/p/BwCsFWpAZIM/Dinny Mutiah)

Kisah pilu yang dialami AY menjadi viral setelah beberapa waktu lalu ceritanya diunggah di media sosial. AY menjadi korban pengeroyokan oleh beberapa siswi di kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Dukungan moral terus mengalir untuk AY, dari mulai petisi hingga bantuan terapi penyembuhan dari psikolog terkenal. Dukungan itu terus datang seiring dengan berjalannya kasus.

Termasuk Hotman Paris, yang aktif di media sosial untuk mengawal kasus Justice for Audrey. "Minta no hp keluarga korban?? Ayok kita berjuang agar pelaku di adili," tulis Hotman Paris dalam keterangan foto di Instagram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proses Merger Bank Agris dan Mitraniaga Bakal Selesai 31 Juli

Posted: 09 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Agris Tbk (AGRS) akan merger atau penggabungan usaha dengan PT Bank Mitraniaga Tbk (NAGA).  Proses  merger tersebut diharapkan selesai pada 31 Juli 2019.

Adapun penggabungan bank ini juga seiring kebijakan kepemilikan tunggal Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Industrial Bank of Korea (IBK), bank pemerintah Korea Selatan selaku pemegang saham pengendali PT Bank Agris Tbk dan PT Bank Mitraniaga Tbk.

Manajemen PT Bank Agris Tbk pun merilis rancangan penggabungan usaha tersebut yang disampaikan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Rabu (10/4/2019).

Seperti diketahui, IBK telah mengambilalih saham PT Bank Agris Tbk sebesar 95,8 persen pada 15 Januari 2019. Saham itu diambilalih dari pemegang saham mayoritas PT Dian Intan Perkasa.

Dalam rencana penggabungan diusulkan PT Bank Mitraniaga Tbk akan digabungkan ke PT Bank Agris Tbk. PT Bank Agris Tbk pun sebagai bank penerima penggabungan.

Dengan rencana penggabungan ini, Bank Mitraniaga sebagai bank yang menggabungkan diri akan dibubarkan operasinya secara hukum tanpa melalui proses likuidasi. Hal ini sesuai pasal 122 UU Perseroan.

Bank hasil penggabungan tersebut akan diberi nama PT Bank IBK Indonesia Tbk. Saat ini sedang proses permohonan persetujuan penggantian nama. Dengan penggabungan tersebut, PT Bank IBK Indonesia akan menjadi anak usaha IBK.

Penggabungan usaha ini juga untuk menciptakan industri bank yang kuat, kompetitif dan sehat. Selain itu juga, OJK mendorong bank-bank untuk berkonsolidasi dan meningkatkan struktur modal bank.

Manajemen juga mengharapkan penggabungan usaha ini juga memberikan layanan penuh termasuk segmen ritel dan korporasi dengan mengintegrasikan usaha kedua bank serta membangun organisasi yang kuat.

Dengan hasil penggabungan usaha juga diharapkan menjadi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) II dengan modal inti paling sedikit Rp 1 triliun ke depannya.

 

Rencana ke Depan

Ilustrasi - perjanjian bisnis (cloudpro)

Selain itu, penggabungan usaha juga diharapkan dapat berkontribusi menciptakan industri kompetitif di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Perseroan berencana untuk memberikan produk dan layanan berbasis nasabah dan produk antar bank.

Untuk produk dan layanan berbasis nasabah didasarkan atas kebutuhan nasabah dengan meningkatkan peningkatan penghimpunan jumlah dana pihak ketiga. Perseroan akan mengembangkan valuta asing, ekspor impor, pengiriman uang, bancassurance , kartu kredit, produk pinjaman, pengembangan jaringan kantor, pengembangan saluran elektronik, perdagangan keuangan dan lainnya.

Selain itu, perseroan juga menggembangkan produk keuangan dan layanan guna dukung peningkatan aktivitas antar bank. Perseroan juga akan fokus mengembangkan produk dan layanan pada sektor UKM.

Kebijakan terhadap Karyawan

Terkait penggabungan ini, perseroan juga mengharapkan karyawan Bank Mitraniaga bersedia untuk menjadi karyawan Bank Agris. Demikian halnya dengan karyawan Bank Agris.

Kedua manajemen baik Bank Agris dan Bank Mitraniaga telah memberitahukan rencana penggabungan usaha kepada karyawannya melalui surat elektronik pada 26 Februari 2019.

Selain itu, kedua manajemen juga mengunjungi setiap cabang untuk rapat dengan karyawan untuk memperkenalkan rencana penggabungan.

 

Penyelesaian Hak Pemegang Saham Minoritas

Pekerja berbincang di dekat layar indeks saham gabungan di BEI, Jakarta, Selasa (4/4). Pada pemukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini naik tipis 0,09% atau 4,88 poin ke level 5.611,66. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Semua pemegang saham PT Bank Agris Tbk dan PT Bank Mitraniaga Tbk tetap memiliki hak untuk menjadi pemegang saham bank hasil penggabungan.

Selain itu menjual saham mereka di bank peserta penggabungan terhadap bank peserta penggabungan dan pembeli siaga yang telah ditunjuk kedua perusahaan.

Sehubungan penggabungan usaha perseroan, bank peserta penggabungan akan berupaya membeli kembali saham milik para pemegang saham yang menolak penggabungan hingga batas maksimal kemampuan keuangan yang dimiliki masing-masing bank peserta penggabungan.

Para pemegang saham Bank Mitraniaga dan Agris telah menunjuk IBK sebagai pemegang saham pengendali dari kedua belah pihak untuk menjadi pembeli siaga untuk setiap saham pemegang saham minoritas yang tidak dibeli oleh Bank Agris dan Bank Mitraniaga. Proses penyelesaiannya sesuai ketentuan POJK 30/2017.

Masing-masing pemegang saham Bank Agris diberi kesempatan untuk menjual sahamnya ke pembeli siaga yang akan membeli saham di harga Rp 327.

Sedangkan masing-masing pemegang saham Bank Mitraniaga harus diberikan kesempatan untuk menjual saham ke pembeli siaga yang akan membeli saham di harga Rp 267.

 

Jadwal Penggabungan Usaha

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Jadwal penggabungan usaha ini antara lain:

-Penyampaian permohonan pencatatan saham hasil penggabungan ke BEI pada 9 April 2019.

-Penyampaian bukti pengumuman di media massa pada 10 April 2019.

- Batas waktu bagi para kreditur Bank Agris dan Bank Mitraniaga untuk mengajukan keberatan pada 23 Mei 2019

- Direksi Bank Agris dan Bank Mitraniaga melakukan pemanggilan RUPSLB pada 9 Mei 2019

-Perkiraan pernyataan efektif dari OJK atas rencana penggabungan pada 8 Mei 2019

-Penyampaian laporan tertulis ke BEI setelah pernyataan penggabungan yang diajukan ke OJK menjadi efektif pada 9 Mei 2019

-RUPSLB Bank Agris dan Bank Mitraniaga dan direksi teken akta penggabungan berdasarkan rancangan akta penggabungan yang disetujui RUPSLB pada 31 Mei 2019

-Pengajuan permohonan izin penggabungan kepada OJK pada 10 Juni 2019

-Perkiraan diterimanya persetujuan OJK pada 23 Juli 2019

-Penyampaian salinan persetujuan OJK (Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan) terkait dengan penggabungan kepada BEI dan penyampaian dokumen fisik akta penggabungan dan perubahan anggaran dasar bank hasil penggabungan kepada Menkumham pada 24 Juli 2019.

-Tanggal efektif penggabungan pada 31 Juli 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Gambar Justice For Audrey yang Beredar di Media Sosial

Posted: 09 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siang itu menjadi salah satu hari yang tidak bisa dilupakan Audrey. Bersama sepupunya, ia digiring ke belakang sebuah bangunan di Jalan Sulawesi, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, 29 Maret 2019.

Jalanan sekitar menjadi saksi anak SMP tersebut mengalami pengeroyokan oleh 12 remaja SMA. Luka-luka ditubuhnya tidak sedalam trauma yang dirasakannya. 

Tagar Justice For Audrey kemudian ramai diperbincangkan di media sosial. Seorang pengguna twitter @syarifahmelinda membagikan cerita mengenai Audrey yang kini tengah dirawat di rumah sakit. Kasus tersebut pun sedang diusut oleh pihak kepolisian.

Gambar Justice For Audrey beserta tagar tersebut pun ramai diunggah. Gambar perempuan berambut panjang mengenakan bandana berwarna putih. Dalam gambar, perempuan itu pun mengenakan baju dengan potongan leher rendah berwarna senada.

Justice For Audrey

Animasi Justice For Audrey, media seni untuk menuntut keadilan bagi korban bully di Pontianak, Kalimantan Barat. (dok. Instagram @fadelfdil/https://www.instagram.com/p/BwCsFWpAZIM/Dinny Mutiah)

Ekspresi dari gambar tersebut terlihat sedih dan depresi. Warna kulitnya diberi warna kuning. Dari bagian wajah hingga leher, terdapat tulisan berwarna abu-abu yang dibuat transparan.

Terdapat beberapa tulisan acak seperti just look at her, just be poor, it's so gross, dan no boys ever to ask you out. Terdapat pula gambar banyak tangan yang menunjuk ke arah perempuan itu di sekelilingnya. Warna biru muda pun menjadi latar belakang keseluruhan gambar. 

Tagar Justice For Audrey pun banyak digunakan pengguna media sosial seperti Twitter dan Instagram. Dukungan diberikan kepada Audrey beserta keluarganya untuk mengusut kasus ini. 

Dukungan dari Banyak Pihak

Rachel Vennya dan Awkarin (dok. Instagram @rachelvennya/https://www.instagram.com/p/BvqTgU-g_Uk/, Instagram @awkarinhttps://www.instagram.com/p/Bu2bFSKjRRI/Putu Elmira)

Tak hanya masyarakat, sederet pesohor negeri seperti selebritas hingga selebgram turut beri dukungan. Mereka di antaranya Rachel Vennya, Awkarin, Nikita Mirzani, Hotman Paris Hutapea, dan masih banyak lagi.

Ada pula sebuah potongan video yang berisi pesan yang dibagikan oleh akun Instagram @fadelfdil, Selasa, 9 April 2019. "Semuanya terlihat tengah wajar. Semuanya terlihat aneh. Dan semuanya terlihat jahat. Aku merasa kecewa. Aku merasa sakit. Bahkan aku merasa dilukai." tulisnya.

"Karena apa? Karena seharusnya sesama wanita saling menjaga. Saling mempertahankan. Saling menguatkan," potongan dari video berupa pesan suara untuk mengingatkan masyarakat akan perilaku bullying dari akun Instagram @fadelfdil.

"Bullying is really disgusting, I hope the bullies get punishment for their actions and the victim gets the justice she deserves," ujar akun Twitter @thiquebaek. (Fairuz Fildzah)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Partai Berkarya Buka Peluang Kerja Kaum Difabel di GORO

Posted: 09 Apr 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Membawa kesejahteraan kepada rakyat banyak dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, termasuk bagi kaum difabel, menjadi salah satu program unggulan Partai Berkarya. Melalui jaringan toko grosir GORO, Partai Berkarya mewujudkan kepedulian kepada kaum difabel dengan memberi mereka kesempatan untuk bekerja.

"Setiap masyarakat tanpa kecuali memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pekerjaan, termasuk kaum difabel," ujar Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto saat melakukan Grand Opening GORO di Cibubur, Gunung Putri, Bogor, belum lama ini. Dengan rencana besar untuk melebarkan jaringan GORO ke seluruh Indonesia, kesempatan bekerja untuk kaum difabel pun menjadi lebih besar.

Tommy menegaskan, telah lama dirinya meyakini bahwa kaum difabel pun memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia.

"Kami berharap, langkah pemberdayaan yang kami lakukan ini bisa menggerakkan para pengusaha grosir lain untuk juga melibatkan kaum difabel," kata Ketua Umum parpol bernomor urut 7 tersebut.

Hingga saat ini, menurut Tommy, sudah tercatat tak kurang dari 100 komunitas difabel di Pulau Jawa yang terhubung dengan program GORO.

"Bagi Partai Berkarya, melibatkan partisipasi aktif kalangan difabel juga merupakan bagian dari prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan yang kami yakini. Ekonomi kerakyatan dalam visi kami adalah ekonomi yang menjangkau dan melibatkan masyarakat hingga level terbawah, termasuk kalangan difabel," kata Tommy.

Sementara itu, Milasari Kusumo Anggraini, Direktur Utama PT Berkarya Makmur Sejahtera, badan usaha yang menaungi GORO, menyatakan bahwa melibatkan para difabel untuk berkarya di GORO adalah bagian dari visi ekonomi kerakyatan Partai Berkarya. 

Dalam visi partai, ekonomi kerakyatan tak hanya ekonomi dari, oleh dan untuk rakyat, melainkan pula ekonomi yang antidiskriminasi, termasuk diskriminasi berdasarkan asumsi mampu tidaknya seseorang melakukan sebuah pekerjaan. Program yang juga berisikan pembinaan dan pemberdayaan itu pun secara langsung telah memberikan peluang dan kesempatan yang sama bagi kalangan difabel.

"Pembinaan sudah berlangsung di Wonosobo. Jadi, GORO akan menyeleksi peserta sesuai dengan kompetensi mereka," kata Milasari.

Pertama di Dunia

Grand Opening GORO di Cibubur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. (Ist)

Dia juga menambahkan, kalangan difabel yang saat ini dibina di GORO Cibubur ditujukan untuk posisi kasir dan stocking. Pembinaan telah memberikan mereka kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan, termasuk entry data.

Untuk difabel bawaan lahir, seperti autis, Milasari menyebutkan tidak tertutup kemungkinan untuk bisa bergabung dalam program tersebut.

"Kami melakukan hal ini secara bertahap. Tidak tertutup kemungkinan, meski tentunya mereka harus mengikuti pembinaan dan peningkatan kualifikasi untuk posisi yang diperlukan," kata Milasari.

GORO, menurut dia, merupakan toko grosir pertama dan satu-satunya di dunia saat ini yang membuka kesempatan bagi kalangan difabel untuk bekerja.

"Kami  percaya, kalangan difabel pun bisa bekerja, berkarya dan berkontribusi kepada masyarakat. Saat ini, antara lain, melalui GORO," kata Milasari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Curry Cedera, Warriors Hajar Pelicans

Posted: 09 Apr 2019 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors berhasil mempermalukan tuan rumah New Orleans Pelicans 112-103 pada lanjutan musim reguler NBA, Rabu (10/4/2019) pagi WIB. Sayangnya pada laga ini point guard Stephen Curry mengalami cedera.

Pada laga ini Warriors menyimpan beberapa pemain pilarnya seperti Kevin Durant dan Klay Thompson. Pasalnya pasukan Steve Kerr sudah memastikan diri menjadi unggulan pertama di Wilayah Barat NBA

Warriors hanya menurunkan tiga pemain bintangnya, Curry, DeMarcus Cousins dan Draymond Green. Keputusan memainkan Curry berbuah mahal. Curry menderita cedera engkel.

Curry cuma bermain sembilan menit saja dan membuat lima angka. Warriors tak lagi memainkan Curry setelah out di kuarter pertama. Warriors tak mau mengambil risiko.

Ditinggal Curry di awal laga, Cousins yang memimpin Warriors. Eks pemain Sacramento Kings itu hampir membuat triple double di laga ini. Cousins finis dengan 21 poin, 12 rebound dan enam assists.

Anthony Davis

Sementara di kubu Pelicans, Jahlil Okafor yang tampil gemilang dengan membuat 30 poin dan tujuh rebound.

Pelicans kembali tak diperkuat big man Anthony Davis karena cedera. Davis sendiri terus dikabarkan akan pergi dari Pelicans ke Los Angales Lakers.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Massa Pendukung Mulai Ramaikan Kampanye Prabowo di Solo

Posted: 09 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Solo - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto akan menyapa masyarakat dalam kampanye terbuka di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu 10 April 2019. Nantinya, Prabowo akan melakukan orasi politik di depan masyarakat Solo sekitar pukul 11.00 WIB.

Pantauan di lokasi, massa mulai berbondong-bondong mendatangi Stadion Sriwedari. Mulai dari relawan, ibu-ibu, dan kelompok masyarakat lainnya. Sejumlah pendukung datang menggunakan bus ke lokasi acara.

Tak hanya itu, acara kampanye dimanfaatkan para pedagang untuk menjual aksesoris Prabowo-Sandiaga. Mereka menggelar dagangannya di luar stadion. Mulai dari pin garuda merah, topi, kaos dan stiker 02.

Sementara gambaran di dalam stadion, basis massa 02 kompak membawa bendera dukungan. Antara lain lambang Partai Gerindra, PAN, PKS dan Demokrat. Panggung orasi juga di desain wajah Prabowo-Sandi bertuliskan Indonesia Menang berwarna merah putih.

Sebagian pendukung pun ada yang duduk di atas stadion untuk melihat kedatangan Prabowo. Kemudian ada yang menggelar tiker di atas rumput sembari menunggu kedatangan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Sementara, puluhan aparat keamanan turut mengamankan lokasi kampanye. Di antaranya personel kepolisian yang dibantu para barisan keamanan dari para relawan Prabowo-Sandi.

Kampanya Prabowo

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Seperti biasa, Prabowo menyapa pendukungnya dari atas kap mobil. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelum ke Solo, Prabowo Subianto menghadiri kampanye akbar di Lapangan Benteng Kuto Besak, Palembang pada Selasa 9 April 2019. Kehadirannya disambut ribuan masyarakat dari kalangan emak-emak dan anak muda.

Dalam kesempatan itu, Prabowo mengaku terharu melihat masyarakat Sumatera Selatan yang antusias menyambut kedatangannya.

Prabowo mengatakan, di berbagai daerah yang ia kunjungi termasuk Palembang, ia melihat masyarakat inginkan perubahan.

"Saya mengerti getaran hati kalian, saya bisa melihat sorot mata kalian, kalian menginginkan perubahan. Mari bersama Prabowo-Sandiaga kita wujudkan Indonesia adil makmur," kata Prabowo.

Prabowo juga mendapatkan doa restu dari para ulama, kiai dan habaib se-Sumatera Selatan. Salah satunya KH Taufik Hasnuri.

Dia mengatakan, banyak suara masyarakat menginginkan pergantian kepemimpinan nasional secara konstitusional pada tahun 2019 ini.

Sebab, sudah 4,5 tahun rakyat bersabar menghadapi harga sembako naik, tarif dasar listrik naik dan harga BBM naik. Sementara harga komoditas pertanian seperti kelapa sawit dan karet anjlok.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Berambisi Bangun Industri Mobil, 2 Komoditas Ini Wajib Ada

Posted: 09 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta -

Calon presiden PrabowoSubianto menyampaikan akan menjaga kestabilan harga karet dan kelapa sawit. Untuk mencapai tujuannya, Prabowo ingin memperkuat industri dalam negeri.

"Harga karet akan kita amankan, kita akan bikin industri sendiri. Kalau negara lain tidak butuh karet kita, kita buat industri sendiri. Yang pasti rakyat harus tersenyum saat masa panen tiba," kata Prabowo saat menghadiri kampanye akbar di Lapangan Benteng Kuto Besak, Palembang, Sumatera Selatan, lewat siaran pers yang diterima, Jakarta, Rabu, (9/4/2019).

 

Salah satu industri yang akan dibangun Prabowo adalah mobil dalam negeri. Industri tersebut membutuhkan beberapa komoditas yang dihasilkan oleh petani-petani Indonesia. Misalnya karet untuk bahan baku ban. Kemudian kelapa sawit, untuk digunakan memenuhi kebutuhan bahan bakarnya.

"Kita akan bangun industri mobil dalam negeri, tapi bukan mobil etok-etok (pura-pura). Mobil butuh ban, jadi butuh karet. Sawit? Sawit apa lagi, kita akan buat bahan bakar mobil," kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu menegaskan, visi untuk membangun industri dalam negeri berpijak pada prinsip bahwa Indonesia harus mandiri dan berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari.

"Kalau elite berjuang untuk rakyat, maka tidak akan kebingungan anjloknya harga. Prabowo-Sandi punya banyak rencana untuk sejahterakan rakyat. Kita percaya pada kemampuan diri sendiri," kata Prabowo 

 
 

Prabowo Lebih Suka Kuda Dibanding Sepeda Motor, Ini Buktinya

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menaiki kuda usai melakukan pertemuan dengan Presiden Jokowi, di kediamannya di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Jokowi dan Prabowo melakukan pertemuan tertutup selama hampir 2 jam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Prabowo Subianto kembali berambisi menjadi Presiden RI. Setidaknya dia telah mendaftarkan diri lewat partainya Gerindra bersama partai pengusungnya seperti PKS dan Demokrat.

Untuk memenuhi syarat pencalonan presiden, Prabowo juga wajib menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

 
 

 

Hasilnya, berdasarkan situs elhkpn.kpk.go.id, harta kekayaan Prabowo yang bergerak dan tidak bergerak mencapai Rp 1.952.013.493.659.

Jumlah tersebut mengalami perubahan dari sejak 2014 yang tercatat Rp 1.670.392.580.402 dan US$7.503.134. Jika dibagi-bagi, harta Prabowo untuk tanah dan bangunan totalnya mencapai Rp 230 miliar. 

Namun Prabowo juga memiliki harta bergerak seperti halnya alat transportasi yang totalnya mencapai Rp 1.432.500.000.

Untuk kendaraan bergerak ini ternyata Prabowo memang lebih suka naik kuda, sebab dari catatan total kekayaannya, untuk sepeda motor hanya satu unit, dan itu pun harganya sekitar Rp 7,5 jutaan. Sayang hanya disebutkan merek Suzuki, sedangkan model dan jenisnya tidak dijelaskan.

Seperti diketahui beberapa waktu lalu, Prabowo mengajak Jokowi untuk menunggangi kuda miliknnya. Prabowo pun menamakan kudanya itu Salero dan Principe.

 

Mobil Prabowo

Adapun untuk mobil yang dimiliki Prabowo, berikut daftarnya:

1. Satu unit Toyota Alphard (2005) senilai Rp 400 juta

2. Satu unit Honda CR-V (2007) senilai Rp 200 juta

3. Satu unit Land Rover Jeep (1994) senilai Rp 50 juta

4. Satu unit Toyota Land Cruiser (1980) senilai Rp 50 juta

5. Satu unit Mitsubishi Pajero (2000) senilai Rp 175 juta

6. Satu unit Toyota Lexus (2002) senilai Rp 500 juta

7. Satu unit Land Rover (1992) senilai Rp 50 juta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Foto-Foto Keren yang Diambil pada Momen yang Tepat

Posted: 09 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apabila diambil pada saat yang tepat, momen memotret dapat menghasilkan foto yang menakjubkan. Tentunya selain keahlian, dibutuhkan keberuntungan untuk mendapatkan gambar-gambar yang demikian.

Artikel tentang foto-foto yang diambil pada momen yang tepat menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan 4 zodiak yang tak sabaran. Sementara artikel ketiga tentang selera humor bapak-bapak yang bikin ngakak.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Dipotret Saat Momen yang Tepat, 10 Foto Ini Dijamin Bikin Kamu Takjub

foto: Brightside

Memotret menjadi kegiatan yang susah-susah gampang dilakukan. Untuk menghasilkan foto yang ciamik, tentu kalian tentu perlu sebuah objek yang menarik.

Tak hanya itu, kalian juga harus tau kapan momen yang tepat untuk mengambil foto. Ya, nampaknya hal ini bahkan menjadi faktor utama untuk menghasilkan foto yang keren.

Contohnya saja seperti deretan foto-foto ini. Lantaran diambil pada waktu yang tepat, foto-foto ini menampilkan hasil yang luar biasa keren dan bikin siapapun yang melihatnya berdecak kagum.

Selengkapnya...

2. Tak Sabaran, Hati-Hati Menghadapi 4 Zodiak Ini

Hemat dan pelit itu beda tipis. Eits, tapi lima zodiak ini memang pelit, kok. (Sumber foto: Flickr.com)

Hampir semua orang sangat tidak suka menunggu. Apalagi jika seseorang yang ditunggu tidak memberikan kabar yang pasti. Dengan menunggu, suasana hati seseorang akan cenderung cepat berubah dan emosinya menjadi tidak stabil.

Namun, di antara semua orang, terdapat empat zodiak yang kadar kesabarannya berada jauh di bawah zodiak lain. Berikut merupakan empat zodiak yang kehendaknya paling tidak bisa ditunda.

Selengkapnya...

3. Deretan Twit Warganet Ini Buktikan Kocaknya Selera Humor Bapak-Bapak

foto: berbagai sumber

Banyak orang yang menganggap bahwa ayah merupakan sosok yang tegas. Tak sedikit pula dari mereka yang kerap dikatakan galak dan kaku. Oleh karena itu, jarang orang yang mengaku dekat dengan sosok ayah mereka.

Namun nyatanya, hal tersebut tak selamanya benar. Tak jarang pula seorang ayah yang memiliki sifat kocak hingga nyeleneh.

Hal itu dibuktikan para warganet yang membagikan kisah kocak yang dilakukan sang ayah mereka di Twitter.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Keakraban Messi dan Suarez Saat Berlatih Jelang Hadapi MU

Posted: 09 Apr 2019 09:01 PM PDT

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez memasuki lapangan untuk berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez memasuki lapangan untuk berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan) dan Luis Suarez berbincang saat latihan bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kanan) dan Luis Suarez berbincang saat latihan bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Luis Suarez (kanan) memandang Lionel Messi saat berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Luis Suarez (kanan) memandang Lionel Messi saat berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (kiri) dan Luis Suarez berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (tengah) bersama Luis Suarez (kanan) dan Arturo Vidal bercanda saat berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

Pemain Barcelona Lionel Messi (tengah) bersama Luis Suarez (kanan) dan Arturo Vidal bercanda saat berlatih bersama jelang menghadapi Manchester United (MU) pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018/19 di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (9/4). (Reuters/Lee Smith)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo, Jokowi Ingin UKM Jatim Berkembang Pesat

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap kawasan industri kecil dan mikro di Jawa Timur bisa berkembang lebih cepat setelah peresmian pengoperasian jalan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sebagai bagian dari jaringan tol trans-Jawa.

"Kita harapkan dengan tembusnya jalan tol akan terjadi mobilitas barang, orang dan logistik yang cepat, dan kita harapkan kawasan industri kecil mikro akan cepat berkembang," kata PresidenJoko Widodo (Jokowi) saat memberikan sambutan dalam acara peresmian jalan Tol Paspro di Gerbang Tol Pasuruan-Probolinggo Timur, Jawa Timur, dikutip dari Antara, Rabu (10/4/2019).

Jokowi mengatakan kawasan industri kecil dan mikro (IKM) sekitar berpotensi cepat berkembang karena akses logistik yang semakin mudah.

Menurut dia, akses barang dan produk yang memasok UMKM dengan adanya tol itu bisa lebih mudah, murah dan efisian. "Dan akses tempat pariwisata tadi sudah disampaikan Ibu Gubernur (terdukung)," katanya.

Jokowi menegaskan rampungnya jalan Tol Pasuruan Probolinggo memerlukan proses dan tahapan yang tidak sebentar. "Memang proses tidak instan, enggak. Memerlukan proses dan tahapan untuk menuju ke sana," katanya.

Kini, kata Presiden, semua bisa berbangga dan merasakan jalan tol dari Cawang di Jakarta hingga Probolinggo di Jawa Timur sepanjang 840 km.

"Kalau kita lihat dari Cawang sampai Probolinggo sekarang sudah tembus 840 km. Kalau dimulai dari ujung barat, dari Merak sampai Probolinggo tembus 962 km," kata Jokowi.

 

Target Selanjutnya

Tol Trans Jawa Pasuruan - Probolinggo. Dok: Kementerian PUPR

Ia kemudian menjelaskan target selanjutnya yakni menembuskan jalan tol dari Merak sampai Banyuwangi sepanjang 1.148 km."Berarti kurang 186 km Insha Allah tembusnya tahun 2021," katanya.

Presiden Jokowi tiba di GT Paspro Timur sekitar pukul 09.00 WIB dan disambut oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf.

Presiden setelah tiba kemudian mendapatkan penjelasan mengenai profil Tol Paspro dan melihat langsung panel-panel proyek yang dikerjakan oleh BUMN PT Waskita Karya tersebut.

Presiden meresmikan jalan tol itu dengan menekan tombol sirine didampingi oleh para pejabat yang hadir termasuk juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Presiden kemudian berjalan kaki didampingi para pejabatnya melalui GT Paspro Timur dan meninjau sesaat jalan tol tersebut. Sekitar 30 menit hadir di acara tersebut, Presiden melanjutkan perjalanan untuk agenda berikutnya.

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo tercatat sepanjang 31,30 kilometer sebagai bagian dari jalan Tol Trans Jawa yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN).

 

Pangkas Waktu Perjalanan

Tol Trans Jawa Pasuruan - Probolinggo. Dok: Kementerian PUPR

President Director PT Waskita Karya (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Putra, dalam keterangan sebelumnya mengatakan beroperasinya jalan tol yang merupakan bagian dari jaringan jalan tol Trans Jawa ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh secara signifikan dari Pasuruan ke Probolinggo dan sebaliknya, dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

"Proyek Jalan Tol Pasuruan–Probolinggo diperoleh Waskita pada 2015 dengan nilai kontrak sebesar Rp2,9 triliun," katanya.

Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo memiliki tiga gerbang tol (GT) yakni GT Tongas, GT Probolinggo Barat dan GT Probolinggo Timur.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kunci Arema Tahan Persebaya di Final Piala Presiden 2019

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Jakarta Arema FC menahan imang Persebaya Surabaya dengan skor 2-2 pada leg pertama final pertama Piala Presiden 2019 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4/2019) sore WIB. Hasil ini menjadi modal berharga buat Makan Konate dan kawan-kawan.

Bermain di depan pendukung lawan tak membuat Arema gentar. Meskipun kecolongan gol cepat yang dicetak Irfan Jaya pada menit ketujuh, Arema berhasil bangkit.

Kebuntuan Arema FC berakhir pada menit ke-33. Hendro Siswanto mencatatkan namanya di papan skor setelah melepaskan tembakan akurat ke pojok gawang Persebaya.

Pada babak kedua, Persebaya mendapatkan hadiah tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Amido Balde dilanggar Arthur Cunha di kotak terlarang. Damian Lizio yang menjadi eksekutor menuntaskan tugasnya dengan melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang.

Namun, keunggulan Persebaya hanya bertahan selama enam menit. Arema berhasil mencetak gol penyeimbang melalui Makan Konate. Berawal dari situasi tendangan bebas, bola hasil tendangan pemain asal Mali itu merobek pojok kiri atas gawang Miswar Saputra.

Hasil imbang 2-2 bertahan hingga peluit panjang. Hasil ini menjadi keuntungan buat Arema yang akan menjadi tuan rumah pada final kedua Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jumat (12/4/2019). Pasukan Milomir Seslija hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 untuk menyegel gelar juara.

Lantas, apa sebenarnya kunci permainan apik Arema FC pada final pertama Piala Presiden 2019? Berikut ini 3 kunci keberhasilan Arema dalam mengimbangi Persebaya versi Bola.com:

Bermain Efektif

Striker Arema FC, Makan Konate, berebut bola dengan pemain Persebaya Surabaya pada laga final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Yoppy Renato)

Arema FC memainkan permainan efektif sepanjang final pertama Piala Presiden 2019. Hal inilah yang membuat mereka mampu mengimbangi permainan menekan yang dilakukan Persebaya.

Pelatih Milomir Seslija mengandalkan permainan sabar untuk membuat Persebaya frustrasi. Para pemain Arema lebih banyak mengisi lini pertahanan ketika timnya ditekan.

Begitu menguasai bola, Arema langsung melakukan serangan balik cepat melalui lini sayap. Situasi ini sesekali mampu merepotkan lini pertahanan Persebaya.

Lini Pertahanan Solid

Bek Arema FC, Hamka Hamzah, berebut bola atas dengan striker Persebaya Surabaya, Amido Balde, pada laga final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (9/4). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Yoppy Renato)

Arema FC memiliki barisan pertahanan yang solid. Pada final pertama Piala Presiden 2019, pelatih Milomir Seslija mengandalkan kuartet Arthur Cunha, Hamka Hamzah, Hanif Sjahbandi, Johan Farizi.

Skema itu terbukti ampuh karena Persebaya kesulitan membongkar pertahanan. Gol pertama Persebaya yang dicetak Irfan Jaya berawal dari tembakan spekulasi ke tiang jauh.

Adapun gol kedua yang dicetak Manuchekhr Jalilov berasal dari tendangan penalti. Ini artinya, Persebaya sebenarnya kesulitan membongkar lini pertahanan yang membuktikan solidnya pertahanan Arema.

Berani Melakukan Spekulasi

Penyerang Persebaya Surabaya, Manuchekhr Dzhalilov, terjatuh saat berebut dengan pemain Arema FC, Dendi Santoso, pada laga final Piala Presiden 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo, Selasa (9/4). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/Yoppy Renato)

Arema FC dalam final pertama Piala Presiden juga sering melakukan tekanan melalui tembakan-tembakan spekulasi. Pasukan Singo Edan tak segan melakukan spekulasi berupa tembakan jarak jauh.

Gol pertama Arema lahir dari tembakan dari luar kotak penalti yang dilakukan Hendro Siswanto. Adapun gol penyeimbang Arema dicetak tendangan bebas dari luar kotak penalti hasil kreasi Makan Konate.

Selain itu, Arema juga mampu menghasilkan banyak percobaan ke gawang Persebaya. Statistik mencatat, 12 percobaan yang enam di antaranya akuat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rilis Galaxy Tablet dengan S Pen, Ini Keunggulan yang Ditawarkan Samsung

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung kembali mengenalkan produk tabletnya. Produk teranyar itu adalah Galaxy Tab A with S Pen.

Galaxy Tab A with S Pen dilengkapi dengan stylus canggih untuk memudahkan penggunaan tab bagi siapa saja. Tablet ini hadir dengan kamera selfie 5MP dan belakang 8MP. Kapasitas baterai 4.200 mAh dengan kemampuan fast charging.

Memori penyimpanan 3GB RAM dan 32 GB ROM dengan tambahan microSD sampai 512 GB.

Dirancang untuk memudahkan anak-anak dalam belajar, Galaxy Tab A with S Pen hadir dengan layar berukruan 8 inci dengan screen to body ratio 76,5 persen. Dengan begini, tampilan anak-anak tidak pelu lagi harus mendekatkan wajah ke layar untuk melihat gambar.

"Tab A with S Pen dihadirkan untuk menjawab kebutuhan productivity dan education. Ini sudah tersedia dengan S Pen, dan memiliki fitur yang serupa dengan stylus di seri Galaxy Note," ujar Senior Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar di The Berkeley Hotel, Bangkok, Thailand, Selasa (9/4/2019).

Tak hanya itu, Selvia juga menjelaskan, Samsung bekerja sama dengan Ruangguru untuk kemudahan anak-anak dalam belajar.

"Samsung Galaxy Tab A with S Pen memiliki pena digital untuk mengerjakan latihan-latihan bimbingan belajar dari Ruangguru, serta mendukung kegiatan belajat yang lebih menarik, dan kemudahan kegiatan belajar mengajar," kata Selvia.

Pantau Anak Melalui Dreambox Parental Control

Samsung resmi mengungkap seri Galaxy Tab terbaru di Thailand. (Liputan6.com/ Devira Prastiwi)

Selain itu, para orang tua bisa memantau anak-anak mereka melalui Dreambox Parental Control.

Para orang tua bisa memblokir situs-situs yang tidak diinginkan dan memantau penggunaan tablet oleh anak-anak mereka dengan menggunakan Dreambox Parental Control.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Randy Tonggo menjelaskan, para orangtua bisa melihat apa saja yang dilakukan oleh anaknya dengan Galaxy Tab A with S Pen.

"Jadi orangtua bisa mantau. Kalau anaknya bilang lagi belajar di Ruangguru dari siang, tapi pas ditanyain itu jam 17.00 dan ternyata anaknya baru buka Ruangguru belum lama, nah disitu orangtua bisa tahu," kata Randy.

Para orangtua juga bisa mengetahui keberadaan sang anak melalui aplikasi Dreambox Parental Control tersebut. "Jadi anak bisa terus kita awasi. Anak-anak bisa ketahuan dia bohong atau enggak dia ada di mana," ucap Randy.

 

Segera Meluncur di Indonesia

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Untuk harga yang ditawarkan dari Galaxy Tab A with S Pen adalah Rp 3.999.000 dengan varian warna black dan silver. Produk ini akan mulai ditawarkan pada April 2019 ini.

"Galaxy Tab A with S Pen luncur April ini. Kalau melihat dari harga mulai dari Rp 3 juta, memang dari segmennnya yang butuh tablet sebagai gadget tambahan," pungkas Selvia.

(Devira/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Durian Runtuh Tunjukkan Lokasi Janin Bayi yang Dibuang

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Warga Desa Kemuning lor Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur, digemparkan dengan penemuan janin bayi di jalan menuju objek wisata Rembangan. Janin bayi tersebut belum sempurna, diperkirakan berumur 4 bulan dalam kandungan.

"Janin bayi itu diduga korban aborsi, karena belum memiliki anggota tubuh yang lengkap," kata Kapolsek Arjasa, AKP Eko Basuki Teguh Argowibowo, Senin, 8 April 2019.

Dia menjelaskan, janin bayi itu pertama kali ditemukan pedagang durian, Wagiman (42), warga Kelurahan Baratan Kecamatan Patrang, di pinggir jalan Desa Kemuninglor, sekitar pukul 12.00 WIB, Minggu, 7 April 2019.

Saat itu, Wagiman sedang menurunkan buah durian dari pohon, yang berada di pinggir jalan menuju lokasi wisata Rembangan desa setempat. Saat memanjat pohon itu, tiba-tiba sebuah durian matang runtuh dan terjatuh di dekat bungkusan warna putih.

Saat mengambil durian runtuh itu, dia melihat ada banyak lalat hijau dan mencium aroma kurang sedap. Dia kemudian tertarik membuka bungkusan itu. Saat dibuka, ternyata janin bayi yang belum memiliki anggota badan lengkap.

"Hanya terlihat sebuah bentuk tangan kecil dan pecahan kepala, terbungkus plastik warna putih," tutur Eko. Informasi penemuan janin bayi itu, segera tersebar kepada warga sekitar TKP. Warga berbondong-bondong mendatangi TKP, untuk melihat korban dari dekat.

 

Dugaan Polisi

Ilustrasi Foto Kematian Bayi (iStockphoto)

Eko memperkirakan janin bayi itu berumur antara 3 hingga 4 bulan dalam kandungan. Dia masih menyelidiki motif pelaku hingga tega menggugurkan kandungannya. Apakah hasil perselingkuhan orang dewasa atau hasil hubungan cinta terlarang di kalangan remaja.

"Kami masih mengumpulkan alat bukti dan menghubungi bidan desa yang ada di kecamatan Arjasa," kata mantan anggota Brimob Polda Jatim ini.

Dia menduga pelaku bermaksud membuang janin dengan dibungkus tas plastik warna putih, ke sungai kecil sekitar TKP. Pelaku melemparkan bungkusan itu dari pinggir jalan. Namun bungkusan plastik itu, tersangkut di semak belukar, sehingga tidak masuk sungai.

"Hingga saat ini, kami masih menyelidiki siapa pelaku, yang tega membuang janin bayi tersebut," ucapnya. Janin bayi itu kini sudah dititipkan di kamar jenazah RSD Dokter Subandi Jember untuk kepentingan penyelidikan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas, Tar dalam Rokok Bisa Sebabkan Bayi Meninggal Mendadak

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kandungan berbahaya yang ada dalam rokok tembakau adalah tar. Zat ini bahkan dianggap lebih berbahaya, khususnya bagi mereka yang bukan seorang perokok.

Dr. Mariatul Fadilah, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Kedokteran Komunitas dan Kesehatan Masyarakat Indonesia (PDK3MI) mengatakan bahwa sisa tar di rokok yang menempel di baju atau benda-benda lain bisa menjadi masalah bagi mereka yang tidak mengisap rokok secara langsung. Dalam kasus yang ekstrem, bayi bisa meninggal mendadak karena paparan zat tersebut.

"Tar yang melekat pada baju bisa terisap oleh bayi, menempel di kulitnya dan bersifat karsinogenik menyebabkan bayi bisa tiba-tiba meninggal seolah-olah tanpa sebab," ujar Mariatul di Menteng, Jakarta, ditulis pada Rabu (10/4/2019).

Mariatul mengatakan bahwa tar bisa menjadi salah satu faktor risiko yang mempercepat kematian bayi. Namun, ini bukanlah satu-satunya faktor risiko yang bisa menyebabkan kejadian tersebut.

 

Mempengaruhi Saraf Pusat

Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

Dampak tar sendiri bisa mempengaruhi kesehatan baik secara fisik dan psikologis.

"Secara fisik bisa mengenai adalah kanker paru, kemudian kanker nasofaring, kanker yang lainnya. Yang kedua kalau sudah kena susunan saraf pusat yang kita sebut dengan adiksi. Dia sudah tidak bisa berhenti lagi," kata Mariatul pada Health Liputan6.com.

"Pokoknya tidak ada tar yang membawa efek positifnya deh," tegasnya.

"Yang berbahaya adalah meninggal masa depannya. Misalnya terkena saraf. Susunan saraf pusat misalnya. Kalau orang berhenti merokok kan mereka berpikir tidak bisa, keringat dingin, semuanya terpengaruh. Karena adiksinya sudah masuk ke susunan saraf," kata Mariatul memaparkan.

 

Menempel di Benda Sekitar Kita

Ilustrasi Foto Kemasan Rokok (iStockphoto)

Mariatul mengatakan ada tiga kategori perokok. Mereka adalah: first-hand smoker (orang yang menghisap rokok secara langsung), second-hand smoker (orang yang menghisap asap rokok namun tidak merokok), dan third-hand smoker (orang yang tidak ada di sekitar perokok namun terpapar residu sisa-sisa rokok yang menempel di benda sekitarnya).

Di sini, third-hand smoker sering tidak sadar bahwa dirinya juga terpapar tar. Menurut Mariatul, saat diisap oleh orang yang bukan perokok, tar akan sama-sama berbahaya seperti saat dihisap dari rokok secara langsung.

Secara bentuk, tar sendiri tidak hanya terbatas dari bau rokok itu sendiri. Namun, zat ini merupakan polutan asap padat yang apabila menempel ke suatu benda warnanya cokelat.

"Jadi bisa bayangkan kalau masuk ke paru-paru, bukan hanya warnanya berubah kuning, jadi selnya mengeras, padat sehingga fungsinya yang harusnya menangkap oksigen tidak bisa lagi."

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Imajinasi Netizen Kalau Chef Jajan di Pinggir Jalan Ini Bikin Ngakak

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing dengan salah satu acara ajang memasak yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta. Acara ini cukup banyak digemari oleh masyarakat yang tak hanya dari kalangan ibu-ibu bahkan hingga diminati oleh anak muda saat ini.

Acara ini memang menyuguhkan bakat-bakat para peserta dalam tantangan memasak dengan batasan waktu tertentu. Keseruan acara tersebut tak lepas juga dari para juri chef yang menjadi penentu. Salah satu chef yang banyak digandrungi adalah chef Juna.

Chef Juna memang terkenal dengan ketegasannya selama di acara tersebut. Ia merupakan salah satu chef juri yang ada. Ketegasan Chef Juna justru membuat masyarakat senang melihat acara ini.

Bahkan beberapa netizen sempat meramaikan tentang chef Juna. Para netizen berandai jika chef Juna tengah jajan berbagai makanan dan kemudian mengomentari teknik pembuatan makanna tersebut.

Dilansir dari akun media sosial Twitter oleh Liputan6.com, Rabu (10/4/2019) beberapa netizen menuliskan jika chef Juna seolah sedang berkomentar pada para pedagang saat sedang jajan. Berikut 7 cuitannya dari para netizen yang bikin ngakak.

1. Ketika chef jajan ketoprak

(Sumber: Twitter/@makmummasjid)

2. Gulung telur pun juga dikomentari

(Sumber: Twitter/@kamuputusindia)

3. Jajan pisang cokelat

(Sumber: Twitter/@Indraalviano_)

4. Auto tereliminasi nih

(Sumber: Twitter/TorroEss)

5. Jajan cimol di sekolahan

(Sumber: Twitter/@mpipriatna)

6. Namanya memang asli es teler, chef!

(Sumber: Twitter/@Eviliarz)

7. Ketika chef ngomelin pedagang siomay

(Sumber: Twitter/DBaninata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Lamar Janda 3 Anak, Ajun Perwira Sempat Pacaran dengan Anak SMA

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Ajun Perwira mendadak hits. Bukan karena FTV atau film yang dimainkan, namun kisah kehidupan asmaranya. DJ asal Bali yang juga dikenal sebagai aktor ini membawa kabar gembira: segera melepas masa lajang.

Namun, bagi sebagian warganet berita menikah Ajun Perwira ditanggapi usil. Itu karena pria kelahiran Denpasar, 9 Februari 1988 ini bakal menikah dengan seorang janda beranak tiga. 

Kepastian rencana bahagia itu sudah ditandai dengan Ajun Perwira yang melakukan fitting jas busana pengantin di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Awal tahun, pemain film Get Married (2013) ini sempat kasih bocoran dia akan menikah, April 2019 dengan seorang pebisnis. "Ya menikah April di Bali. Dengan siapa? Ya ada deh," ungkapnya saat itu.

Tapi, sekarang calon istri Ajun Perwira sudah terkuak jati dirinya. Dialah Jennifer Jill Armand-Supit. Jennifer berusia 48 tahun dan telah memiliki 3 orang anak dari mendiang suaminya. 

Di sinilah letak kehebohannya di kalangan warganet. Ajun yang bujangan bakal menikahi janda yang usianya jauh di atasnya. 

Pacaran dengan Miss Celebrity

(Andy Masela/Bintang.com)

Sebelum bakal naik pelaminan dengan janda beranak tiga, Ajun Perwira sempat menjalani asmara dengan Nadya Friscella, empat tahun lalu. Icel, sapaan sang gadis dikenal sebagai finalis ajang Miss Celebrity, beberapa tahun lalu. Icel dikenal sebagai pesinetron.

Icel putus dengan Ajun Perwira, tahun 2017. Dan, beberapa waktu lalu, Icel menikah dengan Miqdad Addausy. Dan, ternyata Ajun Perwira juga menyusul sang mantan kekasih, naik pelaminan.

 

Beda 11 Tahun

Foto Tamu Undangan Pernikahan Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia (Galih W. Satria/bintang.com)

Saat Ajun Perwira berpacaran dengan Icel, sejumlah penggemar sempat tersengat. Pasalnya, usia mereka terpaut cukup jauh; Ajun lebih tua 11 tahun ketimbang Icel.

Finalis Miss Celebrity 2014 ini masih berusia 16 tahun tatkala dipacari Ajun Perwira. 

Kini, usia terpaut cukup jauh juga dialami Ajun Perwira dengan calon istrinya. Jennifer Jill Armand-Supit lebih tua 17 tahun ketimbang Ajun yang kini berusia 31 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Caleg dari Bangka Belitung Ditemukan Tewas di Hotel

Posted: 09 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang caleg asal Bangka Belitung ditemukan tewas di dalam kamar hotel. Korban diduga embuskan nafas terakhir akibat serangan jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi MU vs Barcelona: Ancaman Lionel Messi

Posted: 09 Apr 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Manchester United (MU) akan menghadapi Barcelona dalam laga leg pertama perempat final Liga Champions, di Old Trafford, Rabu (10/4/2019). Setan Merah bakal mewaspadai Lionel Messi yang kerap menjadi ancaman.

Kapten Barcelona itu tak pernah berhenti memperlihatkan magisnya. Pada musim ini, Messi telah mendulang 43 gol dari 40 pertandingan di seluruh ajang kompetisi bersama Barca.

Teranyar, La Pulga menyumbangkan satu gol sekaligus membawa skuat Catalan menang 2-0 atas Atletico Madrid, dalam laga pekan ke-31 La Liga Spanyol di Camp Nou, Sabtu (6/4/2019).

Dengan torehan tersebut, Lionel Messi diyakini bakal menjadi momok buat gawang MU. Apalagi, Messi juga pernah dua kali menggagalkan ambisi MU menjuarai Liga Champions, yakni musim 2008-2009 dan 2010-2011.

Pada final musim 2008-2009, Lionel Messi berhasil mencetak satu gol sekaligus membawa Blaugrana menang 2-0. Sementara itu, pada musim partai puncak 2010-2011 dia juga menjaringkan satu gol dan El Barca menang 3-1.

Meski begitu, manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, menyebut timnya tidak hanya akan mewaspadai Lionel Messi. Baginya, Barcelona memiliki banyak pemain berkualitas selain Messi.

"Rencana macam apa yang bisa Anda miliki untuk menghentikan salah satu pemain terbaik di dunia? Ini tidak hanya seperti Messi melawan Manchester United," ujar Solskjaer.

"(Luis) Suarez, (Philippe) Coutinho, (Ivan) Rakitic, (Arturo) Vidal ada begitu banyak pemain bagus (untuk Barcelona). Kami tidak boleh hanya fokus kepada satu pemain. Kami tahu harus bermain melawan 11 pemain Barcelona," lanjutnya.

 

Barcelona Sedang Onfire

1. Lionel Messi (Barcelona) - 33 gol dan 12 assist (AFP/Pau Barrena)

Performa kedua tim dalam beberapa laga terakhir juga cukup berbeda. Manchester United meraih dua kemenangan dan menelan tiga kekalahan dalam lima pertandingan sebelumnya di seluruh ajang.

Di sisi lain, Barcelona sedang dalam performa terbaik karena belum menelan kekalahan dari enam laga terakhir. Mereka sukses merengkuh lima kemenangan dan satu hasil imbang.

Berbekal statistik itu, Barca lebih diunggulkan untuk meraih hasil bagus. Kemenangan akan menjaga asa skuat Catalan untuk bisa lolos ke semifinal Liga Champions musim ini.

Apalagi pada pertemuan kedua, giliran Barcelona yang menjamu skuat Setan Merah di Camp Nou pada 16 April 2019.

"Kami berada dalam kondisi seperti sekarang, ini adalah momen yang bagus bagi kami. Kami berada dalam momen yang bagus karena kami telah menunggu momen ini di Liga Champions, sejak kemenangan atas Lyon pada 16 besar," ujar pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

"Sekarang kami berharap untuk menghadapi Manchester United di stadion yang luar biasa ini. Kami tahu dalam kondisi yang baik, tetapi juga kami harus bermain bagus di kedua pertandingan (melawan MU)," paparnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-3-3): David De Gea; Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Scott McTominay, Paul Pogba; Diogo Dalot, Jess Lingard, Marcus Rashford; Romelu Lukaku.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Barcelona (4-2-3-1): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho.

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Statistik dan Catatan Pertemuan Kedua Tim

Head to head kedua tim:

  • 27/07/17 Barcelona 1 - 0 Manchester United (International Champions Cup 2017)
  • 26/07/15 Barcelona 1 - 3 Manchester United (International Champions Cup 2015)
  • 09/08/12 Manchester United 0 - 0 Barcelona (Laga Persahabatan)
  • 31/07/11 Barcelona 1 - 2 Manchester United (Laga Persahabatan)
  • 29/05/11 Barcelona 3 - 1 Manchester United (Liga Champions)

Lima pertandingan terakhir Manchester United:

  • 07/03/19 Paris Saint-Germain 1 - 3 Manchester United (Liga Champions)
  • 10/03/19 Arsenal 2 - 0 Manchester United (Premier League)
  • 17/03/19 Wolverhampton Wanderers 2 - 1 Manchester United (Piala FA)
  • 30/03/19 Manchester United 2 - 1 Watford (Premier League)
  • 03/04/19 Wolverhampton Wanderes 2 - 1 Manchester United (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Barcelona:

  • 14/03/19 Barcelona 5 - 1 Olympique Lyon (Liga Champions)
  • 18/03/19 Real Betis 1 - 4 Barcelona (La Liga)
  • 30/03/19 Barcelona 2 - 0 Espanyol (La Liga)
  • 03/04/19 Villarreal 4 - 4 Barcelona (La Liga)
  • 07/04/19 Barcelona 2 - 0 Atletico Madrid (La Liga)

Persentase menang: Manchester United 45 - 55 Barcelona

Sumber: Berbagai sumber

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hotel Kapsul Pertama Dibuka di Ibu Kota Slovenia

Posted: 09 Apr 2019 08:52 PM PDT

Seorang karyawan menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Para tamu dapat memesan kamar menggunakan aplikasi tanpa harus melihat resepsionis secara langsung dengan harga $ 140 per malam. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Seorang karyawan menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Para tamu dapat memesan kamar menggunakan aplikasi tanpa harus melihat resepsionis secara langsung dengan harga $ 140 per malam. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Manajer Smiljan Buzeti menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Hotel ini memiliki 10 kapsul di bekas ruangan telepon yang dilengkapi dengan TV dan brankas. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Manajer Smiljan Buzeti menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Hotel ini memiliki 10 kapsul di bekas ruangan telepon yang dilengkapi dengan TV dan brankas. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Seorang karyawan menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Para tamu dapat memesan kamar menggunakan aplikasi tanpa harus melihat resepsionis secara langsung dengan harga $ 140 per malam. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Seorang karyawan menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Para tamu dapat memesan kamar menggunakan aplikasi tanpa harus melihat resepsionis secara langsung dengan harga $ 140 per malam. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Manajer Smiljan Buzeti menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Hotel ini memiliki 10 kapsul di bekas ruangan telepon yang dilengkapi dengan TV dan brankas. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

Manajer Smiljan Buzeti menunjukkan kamar kapsul sebelum pembukaan hotel kapsul pertama di Balkan, di Ljubljana, Slovenia, Selasa (9/4/2019). Hotel ini memiliki 10 kapsul di bekas ruangan telepon yang dilengkapi dengan TV dan brankas. (REUTERS/Srdjan Zivulovic)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Korupsi e-KTP, KPK Periksa Setya Novanto

Posted: 09 Apr 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Ketua DPR Setya Novanto. Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari (MN) terkait kasus korupsi e-KTP.

"Yang bersangkutan diperiksa untuk tersangka MN," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Rabu (10/4/2019).

Setya Novanto merupakan terpidana kasus korupsi e-KTP. Selain mantan Ketua Umum Partai Golkar itu, penyidik juga memanggil dua terp‎idana kasus yang sama yakni mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Sugiharto.

Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi atas tersangka Markus Nari.

Politikus Golkar Markus Nari dijerat dua sangkaan oleh KPK yaitu, dugaan korupsi proyek e-KTP dan kasus menghalangi penyidikan kasus tersebut. Namun, KPK mempertimbangkan untuk menggabung dua berkas perkara milik tersangka Markus Nari.

"Hampir keseluruhan penyidikan Pasal 21-nya itu sudah berjalan. Sedang dipertimbangkan apakah berkas perkaranya nanti digabung dengan perkara induk, kasus e-KTP," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa 27 Februari 2017.

Febri mengatakan penggabungan berkas perkara tersebut dapat memenuhi prinsip peradilan cepat. Kendati begitu, kata dia, masih ada sejumlah saksi yang akan dibutuhkan keterangannya terkait penyidikan kasus Markus Nari.

"Karena yang MN (Markus Nari) itu kan fase berbeda dengan kasus e-KTP tersangka Irman dan lain-lain. Dia diduga menerima terkait dengan proses penambahan anggaran, jadi tempusnya berbeda," tutur Febri.

8 Orang Dijebloskan ke Penjara

Setya Novanto diperiksa sebagai saksi untuk tersangka  Johannes Budisutrisno Kotjo terkait dugaan menerima suap proyek kontrak kerja sama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1.(merdeka.com/dwi narwoko)

Dengan ditetapkannya Markus Nari dan dilakukan penahanan, KPK telah mengantarkan delapan orang ke penjara dalam kasus e-KTP.

Ketujuh lainnya adalah mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto yang masing-masing 15 tahun penjara, mantan Ketua DPR Setya Novanto yang juga 15 tahun penjara, pengusaha Andi Narogong selama 13 tahun penjara, dan Anang Sugiana Sudihardjo seberat 6 tahun penjara.

Sedangkan Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Massagung masing-masing 10 tahun penjara. Sementara itu, politikus Partai Golkar Markus Nari masih menjalani proses penyidikan.

Mereka dinilai hakim terbukti melakukan kerugian negara Rp 2,3 triliun dari proyek sebesar Rp 5,9 triliun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jenis Emosi Negatif yang Mempengaruhi Hidup, Harus Segera Kamu Hindari

Posted: 09 Apr 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Emosi adalah perasaan intens yang ditunjukkan kepada seseorang atau kepada sesuatu. Emosi juga merupakan reaksi terhadap seseorang atau sebuah kejadian yang menimpa seseorang. Emosi bisa dikaitkan dengan berbagai perasaan, mulai dari perasaan senang, sedih, hingga marah.

Emosi merupakan hal alamiah yang sering dirasakan oleh setiap manusia. Secara umum emosi dibagi menjadi dua, yaitu emosi positif dan emosi negatif. Emosi positif akan memberikan dampak yang baik bagi diri sendiri bahkan orang lain. Contoh dari emosi positif adalah gembira, bersyukur, kagum, cinta, dan masih banyak lagi.

Emosi negatif sering kali merugikan orang lain bahkan diri sendiri. Contoh dari emosi negatif adalah marah, benci, dendam, kecewa, dan lain sebagainya. Emosi negatif yang tidak dikelola dan dikendalikan dapat berdampak buruk bagi diri sendiri dan bisa mempengaruhi hidup bahakan merusaknya.

Kamu perlu mengatasi emosi negatif yang sering muncul dalam kehidupanmu. Mengelola emosi negatif yang sering muncul juga bisa membuat hidup kita lebih tenang dan perasaan bahagia akan muncul sebagai bentuk emosi yang positif.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa jenis emosi negatif yang bisa mempengaruhi hidup dan harus segera kamu hindari, Selasa (9/4/2019).

1. Kecewa Berlebihan

ilustrasi kecewa (Sumber: Unsplash) / Anthony Tran

Kecewa terkadang muncul ketika apa yang diharapkan tidak sesuai dan tidak semestinya. Hal ini membuat kita kecewa dan emosi. Rasa kecewa akan selalu ada disetiap kegagalan dari harapan yang kita perjuangkan. Namun kecewa yang berlebihan adalah tindakan yang tidak baik dan bisa merusak hidupmu. Hindari kecewa berlebihan ketika mendapati sesuatu tidak sesuai dengan harapan. Setiap hal yang gagal atau tidak terlaksana pasti ada alasannya masing-masing. Percayalah, dan tetap berusaha berbuat lebih baik lagi.

2. Sedih Berkepanjangan

Ilustrasi/copyright pixabay.com/free photos

Perasaan sedih kerap kali muncul ketika seseorang mengalami sesuatu yang membuat perasaanya terpukul atau membuat perasaannya tersakiti. Sedih memang perasaan yang normal dimiliki oleh setiap manusia. Namun jika perasaan sedih selalu menggentayangi dan kamu rasakan berlarut-larut, itu akan membuat kehidupanmu menjadi lebih buruk lagi. Perasaan sedih yang berkepanjangan bisa membuat hormon endorfin dalam tubuh menurun. Hormon endorfin berfungsi untuk memicu rasa senang, dan membuat bahagia.

3. Perasaan yang Tidak Stabil

Simak cara mengatasi mood swing yang datang secara tiba-tiba.

Perasaan atau mood yang tidak stabil juga harus kamu hindari agar hidupmu menjadi lebih baik. Mood yang tidak stabil bisa mempengaruhi aktivitasmu sehari-hari seperti bekerja dan lain sebagainya. Usahakan untuk membuat mood yang kamu miliki itu selalu stabil, sehingga tidak mengganggu aktivitasmu sehari-hari. Jangan biarkan mood yang tidak stabil ini juga mengganggu orang lain yang ada di dekatmu.

4. Marah Tanpa Sebab

Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

Setiap orang pasti pernah marah karena beberapa hal. Mungkin karena dikecewakan, pekerjaan yang tidak sesuai, atau karena perbuatan orang lain. Semua marah pasti ada penyebabnya. Namun jika kamu sering merasakan marah tanpa sebab, ini perlu kamu waspadai. Marah tanpa sebab selain bisa mengganggu untuk diri sendiri, juga bisa mengganggu orang lain yang ada di sekitarmu. Jika kamu merasa marah tanpa sebab, cobalah untuk lebih tenang dan rileks. Berfikir lebih positif akan membuat marahmu bisa teratasi dan mereda.

5. Stres Tanpa Sebab

Stres adalah suatu perasaan yang sering terjadi karena jenuh dengan keadaan. Stres juga bisa terjadi karena tekanan yang tidak bisa terkontrol atau berlebihan yang menimpa diri. Namun jika kamu mengalami stres tanpa sebab dan muncul secara tiba-tiba, kamu patut berhati-hati. Pikirkanlah hal-hal positif yang bisa membuat kamu lebih tenang dan bahagia, sehingga perasaan stres itu bisa teratasi dan tidak mempengaruhi kehidupanmu.

Itulah beberapa jenis emosi negatif yang harus kamu hindari agar hidupmu tidak terpengaruh dan bisa berjalan dengan baik. Emosi-emosi negatif seharusnya bisa diatasi diri sendiri dengan selalu berfikir positif dan tidak mudah menyerah. Masalah yang berat harus dihadapi dengan pikiran yang positif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Pengeroyokan Audrey, dari Kronologi hingga Petisi

Posted: 09 Apr 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang siswi SMP di Pontianak, Audrey menjadi korban pengeroyokan sejumlah siswi SMA. Aksi tersebut terjadi pada Jumat, 29 Maret 2019 di sebuah bangunan yang terletak di Jalan Sulawesi, Pontianak, Kalimantan Barat.

Saat pengeroyokan terjadi, Audrey tersungkur usai ditendang. Pelaku juga menginjak perutnya dan membenturkan kepalanya ke bebatuan. 

Akibat luka yang dideritanya, kini korban masih menjalani perawatan di rumah sakit di Pontianak. Menurut Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Husni Ramli, peristiwa ini baru dilaporkan korban dan orangtuanya satu Minggu setelah kejadian.

"Setelah diterima pengaduan, selanjutnya dilakukan visum, dan baru kemarin kami menarik perkara ini dari Polsek Selatan untuk dilimpahkan ke Polresta Pontianak guna penanganan lebih lanjut," jelas dia.

Sementara, para pelaku pengeroyokan hingga kini belum dilakukan pemeriksaan. Kata Husni pihaknya masih melengkapi saksi-saksi dan sedang berkoordinasi dengan rumah sakit untuk mengetahui rekam medis korban.

Berikut fakta pengeroyokan pelajar SMA terhadap Audrey, siswi SMP di Pontianak:

Kronologi

Ilustrasi bullying yang terjadi di SMAN 3 Jakarta. (teacherswithoutborders.org)

Pengeroyokan terjadi Jumat 29 Maret 2019, pukul 14.30 WIB. Korban yang berada di rumah, dijemput temannya dengan tujuan ke rumah sepupunya. Ada empat remaja perempuan yang membuntutinya saat itu.

Setelah bertemu sang sepupu, Audrey melanjutkan perjalanan dengan motor bersama saudaranya. Namun, di tengah jalan, korban dihampiri terduga pelaku dan meminta sang sepupu mengarahkan motor ke kawasan Jalan Sulawesi. Tiba di sebuah bangunan, sejumlah remaja perempuan yang sudah menunggu.

"Seorang di antaranya langsung menyiramkan air ke korban, dan menarik rambut, lalu kemudian menendang korban," ujar Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Husni Ramli.

Aksi brutal pun berlanjut. Meski korban terjatuh, terduga pelaku menginjak perut dan membenturkan kepalan korban ke jalan yang ada bebatuan. Korban dan sepupunya sempat lari, namun dapat dikejar.

Motif Pengeroyokan

Ilustrasi kekerasan anak. Foto: Pixabay.com

Polisi masih berupaya mendalami motif sebenarnya pengeroyokan terhadap ABZ (15), seorang pelajar SMP di Pontianak, Kalimantan Barat. Adanya keterkaitan masalah asmara pun masih sebatas dugaan motif pengeroyokan itu.

"Motifnya belum bisa kita tahu. Karena korban ini masih dirawat di rumah sakit. Yang ada itu, baru dugaan-dugaan ya," kata Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Husni Ramli, kepada Merdeka.com, Selasa, 9 April 2019.

Polisi juga menepis kabar di tengah aksi pengeroyokan, para pelaku juga menganiaya alat vital korban. "Kalau keterangan korban, saat interogasi awal di Polsek (Pontianak) Selatan, itu tidak ada," ujar Husni.

Belum Ada Tersangka

Ilustrasi Kekerasan Anak (Istimewa)

Lantas bagaimana status sejumlah remaja siswi yang diduga melakukan pengeroyokan terhadap Audrey?

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol Husni menuturkan pihaknya belum melakukan pemeriksaan karena masih melengkapi saksi-saksi dan sedang berkoordinasi dengan rumah sakit untuk mengetahui rekam medis korban.

"Untuk mengarah kepada tersangka, masih mengumpulkan keterangan para saksi," kata dia.

Husni menambahkan, sejauh ini dari keterangan korban maupun orangtuanya, tidak ada yang menyebutkan bahwa ada penganiayaan pada alat vital korban. 

Petisi

 Kasus pengeroyokan Audrey oleh sejumlah siswi SMA di Pontianak mendadak jadi viral dengan tagar Justice for Audrey.

Simpati untuk Audrey serta kemarahan kepada para pelaku diunggah dengan tagar Justice For Audrey #JusticeForAudrey.

Tak terima dengan kasus kekerasan terhadap siswa SMP itu, warganet pun membuat petisi online di laman Change.org.

Petisi online tersebut ditujukan untuk Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPAD) untuk tidak menyelesaikan kasus dengan akhir damai.

"Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPAD) berharap ini berakhir damai demi masa depan para pelaku. Kenapa korban kekerasan seperti ini harus damai?" ujar pembuat petisi, Fachira Anindy, dalam petisi tersebut seperti dikutip dari Change.org.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Donald Trump, Dubes Baru RI untuk AS Mulai Resmi Bertugas

Posted: 09 Apr 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Udara sejuk awal Musim Semi di Washington DC menyertai pertemuan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Mahendra Siregar dengan Presiden Donald John Trump di Gedung Putih dalam rangka penyerahan Surat-surat Kepercayaan (Credential Letters) yang sekaligus menandai secara resmi dimulainya masa tugas Dubes Mahendra Siregar di Amerika Serikat.

Tepat pukul 10.45 waktu lokal pada 8 April 2019, Duta Besar Mahendra Siregar didampingi istri, Ita Siregar, diantar menuju Gedung Putih dari Kementerian Luar Negeri AS dengan menggunakan kendaraan khusus yang disiapkan oleh Kantor Kepala Protokol Gedung Putih.

Dalam sambutannya, Duta Besar Mahendra Siregar menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia kepada Presiden Donald Trump dan rakyat Amerika.

Salam hangat tersebut disambut baik oleh Presiden Trump, yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan mitra strategis yang penting bagi AS dan menyampaikan salam hangatnya kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

Dubes RI juga menggarisbawahi berbagai kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Amerika Serikat, yaitu sama-sama sebagai negara demokratis dan majemuk yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip dan penghormatan terhadap hak asasi manusia, toleransi, dan supremasi hukum.

"Kesamaan ini menjadi salah satu faktor penting yang melandasi hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat", tegas Dubes Mahendra.

Selain itu, pertemuan tersebut juga digunakan Dubes RI untuk menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk terus memperkuat hubungan kedua negara, yang pada tahun ini ditandai dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS.

"Dalam waktu tujuh dekade terakhir, banyak pencapaian penting yang telah diraih Indonesia dan AS. Indonesia berkomitmen untuk bersama-sama mengoptimalkan kerjasama kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi." imbuh Duta Besar Mahendra.

"Faktor lain yang juga sangat penting dalam hubungan Indonesia dan AS adalah hubungan antara masyarakat Indonesia dan AS," sambung Dubes Mahendra.

"Hubungan ini sudah terjalin jauh sebelum hubungan bilateral Indonesia dan AS resmi dimulai. Karena itu, salah satu prioritas saya adalah menjadikan hubungan ini sebagai salah satu penggerak utama dalam peningkatan hubungan bilateral Indonesia dengan Amerika Serikat."

Dubes RI beserta istri diterima oleh Presiden Trump di ruang kerja, Ruang Oval, Gedung Putih.

Ruang tersebut sering digunakan sebagai ruangan utama oleh Presiden Trump untuk menerima kepala negara maupun kepala pemerintahan negara-negara sahabat dalam kesempatan kunjungan kenegaraan maupun kunjungan kerja.

Diplomat Karier

Dubes RI untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar dan istri bersama Presiden AS Donald Trump (kredit: KBRI Washington)

Mahendra Siregar merupakan diplomat karier senior yang dilantik oleh Presiden RI pada tanggal 7 Januari 2019 dan merupakan Dubes RI ke-19 untuk AS.

Sebelum diangkat sebagai Dubes RI di AS, Mahendra Siregar pernah menduduki berbagai jabatan di pemerintahan, antara lain sebagai Staf Khusus Menteri Luar Negeri, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Wakil Menteri Keuangan, Wakil Menteri Perdagangan serta Chairman dan CEO Eximbank Indonesia.

Sebagai diplomat karir, Dubes Mahendra pernah bertugas di Kedutaan Besar RI (KBRI) di London, Inggris (1992-1995) dan KBRI di Washington, D.C, Amerika Serikat (1998-2001).

Selain berkiprah di pemerintahan, Dubes Mahendra juga pernah menduduki berbagai posisi penting, yakni sebagai Direktur Eksekutif Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) dan Komisaris beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan, pertambangan, manufaktur, teknologi dan infrastruktur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nusron Wahid Jawab Tudingan Bowo Soal Ratusan Amplop untuk Serangan Fajar

Posted: 09 Apr 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bowo Sidik Pangarso, calon anggota legislatif Partai Golkar dan juga berstatus tersangka, menyeret nama Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Nusron Wahid. Meski demikian, Nusron yang juga politikus partai berlambang beringin membantah pernyataan teman separtainya itu.

"Tidak Benar," tegas Nusron melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Rabu (10/4/2019).

Nusron tidak merespons lebih lanjut persoalan yang menyeret namanya di pusaran kasus korupsi.

Sebelumnya, amplop serangan fajar Bowo Sidik Pangarso rencananya akan dibagikan di daerah Jawa Tengah terkait dengan pencalonannya. Hal itu disebut atas perintah Nusron Wahid selaku Ketua Pemenangan Pemilu Jawa dan Kalimantan.

"Ini langsung disampaikan Bowo ke penyidik. Ya karena dia diperintah ya dia bilang diperintah," tutur Pengacara Bowo Sidik Pangarso, Saut Edward di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Menurut Saut, arahan tersebut bertujuan sama, yakni untuk membawa Nusron Wahid lolos dalam pencalonannya sebagai caleg.

"Supaya banyak yang memilih mereka berdua. Karena di dapil yang sama," jelas dia.

 

Serangan Fajar

Tersangka kasus dugaan suap distribusi pupuk, Bowo Sidik Pangarso bersiap menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (9/4). Mantan anggota DPR dari Fraksi Golkar tersebut menjalani pemeriksaan lanjutan dalam kasus dugaan suap distribusi pupuk dengan kapal. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Saut menyatakan, amplop serangan fajar tersebut tidak ada kaitannya dengan Pilpres 2019. Sejauh ini, Bowo mengaku menyiapkan sebanyak 400 amplop.

"Bahkan katanya yang 600 ribu yang menyiapkan Nusron Wahid. Dia 400 ribu amplopnya. Pak Wahid 600 ribu. Pak Bowo 400 ribu amplop," kata Saut.

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso sebagai tersangka kasus dugaan suap distribusi pupuk. Selain Bowo, KPK juga menjerat dua orang lainnya yakni Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (PT. HTK) Asty Winasti, dan pegawai PT Inersia bernama Indung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Didi Sudiana: Gerakan Ini Demi Perubahan Sosial Karakter Bangsa

Posted: 09 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri mengharapkan ASN dibawah Kepemimpinan Kepala Daerah bersama semua komponen dapat berperan aktif dalam Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental dan mensukseskan Gerakan Revolusi Mental di Indonesia.

Didi Sudiana (Sekretaris Ditjen Polpum Kemendagri) mengungkapkan, pasca kemerdekaan, revolusi bukan lagi mengangkat senjata, melainkan membangun jiwa karakter bangsa yaitu membangun jiwa yang merdeka, mengubah cara pandang, pikiran, sikap dan perilaku agar berorientasi pada kemajuan dan hal-hal yang modern, sehingga Indonesia menjadi Bangsa yang besar dan mampu berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

"Mencermati kondisi saat ini, Bangsa Indonesia dihadapkan kepada tiga permasalahan pokok yang sedang terjadi seperti merosotnya wibawa negara, merebaknya intoleransi dan melemahnya sendi-sendi perekonomian nasional," pungkas Didi di Aria Hotel Barito Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan.

Didi Sudiana menambahkan, Gerakan ini adalah gerakan perubahan sosial karakter bangsa demi terwujudnya perilaku penyelenggara negara dan masyarakat yang berintegritas, beretos kerja dan semagat gotong royong yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan berkepribadian berkebudayaan bangsa.

"Nilai-nilai, semangat dan perilaku Gerakan Revolusi Mental ini harus selalu ditanamkan dan dikuatkan dikalangan ASN, seluruh lapisan masyarakat, serta generasi muda bahkan disosialisasikan sejak dini" ujarnya.

Didi menjelaskan, Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental adalah salah satu media atau kegiatan yang bisa digunakan bagi para ASN dan perwakilan masyarakat dari seluruh Indonesia berkumpul saling berbagi saling menguatkan demi terwujudnya bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur.

"Terkait dengan Pilpres dan Pileg tahun 2019, melalui Gerakan Revolusi Mental ini mari kita hadir untuk memilih pemimpin-pemimpin yang mampu membawa perubahan bangsa dan masyarakat ke arah yang lebih baik". ujarnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Buah Menteri Susi Tangkap 6 Kapal Pencuri Ikan di Selat Malaka

Posted: 09 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali berhasil menangkap kapal perikanan asing (KIA) yang melakukan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing) di Indonesia. Empat kapal pencuri ikan berbendera Vietnam dan dua kapal berbendera Malaysia berhasil ditangkap oleh dua Kapal Pengawas Perikanan di Zona Ekonomi Eklusif Indonesia (ZEEI) Laut Natuna Utara dan ZEEI Selat Malaka, pada Selasa kemarin.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP, Agus Suherman, mengungkapkan, enam kapal perikanan asing tersebut ditangkap tanpa dokumen perizinan dari Pemerintah Indonesia serta menggunakan alat tangkap yang dilarang (trawl).

"KP. Hiu Macan 01 yang dinakhodai Kapten Samson melakukan penangkapan keempat kapal pencuri ikan tersebut dalam operasi pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan," tutur Agus. Adapun keempat kapal tersebut, yaitu:

1). BV 4939 TS;

2). BV 5156 TS;

3). BV 93817 TS, dan;

4.) BV 93816 TS.

Dalam penangkapan tersebut juga diamankan 24 orang awak kapal berkewarganegaraan Vietnam," Agus menambahkan.

Selanjutnya kapal pencuri ikan dikawal menuju Stasiun PSDKP Pontianak Kalimantan Barat untuk proses hukum.

 

Kapal Malaysia

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Infanteri Bernardus Robert menjelaskan, 2 kapal itu ditangkap di perairan Maluku pada 7 Desember 2014.

Sementara, dua kapal Malaysia atas nama KM. PKFA 8888 (61,70 GT) dan PKF 7878 (67,63 GT) ditangkap oleh KP. Hiu Macan Tutul 002 yang dinakhodadi Ilman Rustam di ZEEI Selat Malaka sekitar pukul 15.00 WIB. Dua kapal beserta 9 orang awak kapal berkewarganegaraan Myanmar dikawal menuju Pangkalan PSDKP Batam Kepulauan Riau.

Kapal-kapal perikanan asing tersebut diduga melanggar Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak Rp20 miliar.

Tangkapan terbaru ini menambah deretan kapal perikanan ilegal yang telah berhasil ditangkap sebelumnya oleh armada Kapal Pengawas Perikanan KKP.

 

38 Kapal

Kapal pencuri ikan asal Filipinan yang ditangkap (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)

Sejak Januari hingga 9 April 2019, KKP telah berhasil menangkap 38 (tiga puluh delapan) kapal perikanan ilegal, yang terdiri dari 28 KIA dan 10 Kapal Perikanan Indonesia (KII).

"Dari sejumlah kapal ilegal asing yang ditangkap tersebut, 15 kapal berbendera Vietnam dan 13 kapal lainnya berbendera Malaysia," pungkas Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Tawarkan Bantuan untuk Kasus Justice for Audrey

Posted: 09 Apr 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tagar Justice for Audrey mengemuka di media sosial. Permasalahan penganiayaan anak yang menimpa Audrey tersebut juga sukses memancing perhatian pengacara Hotman Paris Hutapea.

Hotman Paris mengaku memperhatikan masalah Justice for Audrey. Melalui Instagram, Hotman Paris juga sempat mengutarakan keinginannya untuk membantu Audrey dalam menghadapi kasus hukum.

Dalam kesempatan itu, Hotman Paris mengatakan jika ia bersama timnya berusaha menghubungi Audrey di Pontianak untuk mengawal kasus Justice for Audrey.

"Walaupun dia masih di bawah umur dia masih tetap bisa diadili. Bukankah masih ada pengadilan anak?" ujar Hotman Paris, seperti dilansir dari Instagram-nya, Rabu (10/04/2019).

 

 

Pidana Serius

Animasi Justice For Audrey, media seni untuk menuntut keadilan bagi korban bully di Pontianak, Kalimantan Barat. (dok. Instagram @fadelfdil/https://www.instagram.com/p/BwCsFWpAZIM/Dinny Mutiah)

Hotman Paris mengaku tak habis pikir dengan kasus tersebut. Meski pelakunya masih anak-anak, setidaknya hukum pidana tetap harus ditegakkan.

Hingga kini, 12 remaja terduga pelaku masih dalam proses pemeriksaan. Hotman Paris pun menegaskan meski ada jalur damai, tindak pidana mereka tidak bisa dibiarkan begitu saja. 

"Kenapa 12 orang itu masih bisa bebas begitu saja? Bukankah ini tindak pidana serius, tidak bisa dihentikan walau ada perdamaian," tegasnya. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Audrey, 4 Kasus Bullying Anak Sekolah Ini Juga Bikin Miris

Posted: 09 Apr 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tagar Justice For Audrey menjadi trending topik di Twitter sejak Selasa, (9/4/2018). Kasus Audrey ini merupakan bentuk perisakan atau bullying terhadap seorang siswi SMP bernama Audrey yang bersekolah di sebuah SMP negeri di Pontianak, Kalimantan Barat. Pelajar 14 tahun itu dikeroyok dan dianiaya oleh 12 orang pelajar SMA di Pontianak pada 29 Maret 2019 lalu.

Kasus Audrey bukan hanya kasus bullying pertama yang pernah viral, sebelumnya juga ada kasus bullying pada anak sekolah yang sempat viral dan membuat miris.

Seharusnya dengan kejadian seperti ini bisa menjadi sebuah pelajaran bagi kita semua baik orang tua maupun sebagai anak sekolah untuk menjaga tingkah laku agar tidak kelewatan. Selain Audrey, berikut kasus bullying anak sekolah yang pernah terjadi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019).

Gara-Gara Softlens, 3 Remaja SMP Persekusi Siswa SD di Sidoarjo

Video tiga remaja SMP mempersekusi siswa SD di Sidoarjo viral di media sosial hingga Dinas Pendidikan dan polisi turun tangan. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Pada Sabtu, 10 Maret 2018 silam beredar sebuah video viral yang mempertontonkan sejumlah siswi berseragam sedang mempersekusi seorang remaja perempuan. Persekusi tersebut dilatari oleh utang pembelian softlens, yang akhirnya berujung adu mulut antar siswi tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, M Asrofi membenarkan atas kejadian tersebut. Menurut Asrofi, persekusi terjadi pada Kamis, 8 Maret 2018 lalu, sekitar pukul 14.00 WIB, di kawasan Perumahan Bumi Intan Permai Rangkah, Sidoarjo.

Korban persekusi itu merupakan siswi kelas 6 SD di kawasan Desa Rangkah, Kecamatan Kota Sidoarjo. "Korban berinisial A, kelas 6 SD. Korban di-bully hingga menangis oleh L, D, dan P asal salah satu SMP negeri di Sidoarjo," tutur Asrofi.

Menurutnya, persekusi terjadi karena faktor utang piutang pelunasan softlens. Saat itu, korban yang belum melunasi utang piutang akhirnya ditagih oleh salah satu dari ketiga pelaku.

"Karena tagihan itu, akhirnya terjadi adu mulut sampai viral di media sosial," katanya.

Pesan Terakhir Murid SD Korban Bully: Tuhan, Tolong Cabut Nyawa Saya

Inilah akhir dari cerita seorang pria yang selama sembilan tahun selalu membully temannya, meskipun ia sudah tak berada di sekolah yang sama. (Ilustrasi: Bullying | Bully Awareness Resistance Education)

Sebuah surat dikirimkan ke sang guru sebelum seorang bocah mengakhiri hidupnya pada Februari 2019 lalu. Karena tidak tahan terus-terusan jadi korban perundungan, seorang anak SD kelas 2 di Sydney, Australia menulis pesan bunuh diri kepada gurunya.

"Tuhan, tolong cabut nyawa saya," itulah kata-kata pada pesan yang ditinggalkan oleh Jack Wilkinson.

Seminggu sebelum insiden, pesan bunuh diri itu ditinggalkan di atas meja gurunya. Jack mengaku dipukuli oleh teman-teman sekelas selama 10 menit.

Menurut ibunya, Kristy Sturgess, Jack memiliki masalah Anxiety Disoder atau gangguan kecemasan yang dialaminya sejak usia muda.

Menurut Kristy, awalnya Jack hanya menjadi korban perundungan verbal. Dia disebut gila oleh teman-temannya.

Namun semuanya berubah ketika dia masuk kelas 2. Jack mulai menerima perundungan secara fisik. " Selalu ada saja teman yang melihat Jack menjadi sasaran empuk bullying," kata ibunya.

Kata Kristy, ketika Jack berusia 6 dan 7 tahun, dia pulang dari sekolah sambil menangis dan memohon agar diizinkan tidak pergi ke sekolah lagi. Jack sebenarnya telah menjadi korban bullying sejak hari pertama masuk kelas 2.

Pada awalnya, dia hanya dipukul di bagian kepala beberapa kali sebelum menjadi korban bullying yang lebih buruk.

 

Siswa SD di Sukabumi Diduga Tewas karena Kerap di-Bully

Ilustrasi Mayat (Istimewa)

SR (8), seorang siswa kelas II SDN Longkewang, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, meregang nyawa, pada Selasa 8 Agustus 2017 silam. SR tewas diduga setelah berkelahi dengan rekan di sekolahnya.

Keluarga korban, Abdul Rohim membantah adiknya punya riwayat penyakit seperti apa yang disebutkan pihak sekolah, dinas terkait dan ke polisian. Padahal selama ini adiknya tersebut sehat bahkan sehari sebelum meninggal sempat bermain layangan seperti biasa tanpa ada tanda-tanda sakit.

Rohim melanjutkan, dari informasi nenek korban, SR kerap mendapatkan perlakuan kasar dari DR (terduga pelaku) dan ibunya pernah mendatangi rumah terduga pelaku untuk mengadukan kelakuan DR yang kerap mengasari SR.

Rohim pun menyesalkan terjadinya kasus ini di lingkungan sekolah, seharusnya sekolah menjadi tempat yang aman bagi adiknya yang tengah menimba ilmu tersebut. Pihaknya juga meminta kepada polisi agar secepatnya menyelesaikan kasus yang menewaskan adiknya itu.

Viral, Siswi SD Jadi Korban Bullying

Pada, Senin (17/7/2017), beredar sebuah video bullying yang dilakukan oleh segerombolan siswa di sebuah mal kawasan Jakarta Pusat. Diketahui bahwa pelaku sekaligus korban adalah seorang siswa di daerah Tanah Abang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool Bungkam Porto, Klopp Malah Frustrasi

Posted: 09 Apr 2019 08:40 PM PDT

Liverpool - Liverpoolmenang meyakinkan 2-0 atas Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions 2018-2019 di Anfield, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB. Akan, Klopp sedikit frustrasi dengan permainan timnya di babak kedua.

Dua gol kemenangan Liverpool masing-masing disumbangkan Naby Keita dan Roberto Firmino. Di sisi lain, Porto sulit berkutik untuk membalas.

"Liverpool layak menang 100 persen. Kami mencetak dua gol luar biasa. Kami juga sempat berada di situasi yang benar-benar berbahaya. Secara keseluruhan ini performa yang sangat baik," kata Klopp, seperti dilansir Four Four Two

"Skor 2-0 hasil yang sangat, sangat bagus. Mereka mendapat banyak bola-bola mati, dan sangat bagus di arena itu. Tapi, kami  tidak memberikannya begitu saja, kami bertahan dengan baik. 

 

 

Biarkan Diserang

Klopp juga mengungkapkan alasannya sedikit frustrasi pada babak kedua. 

"Kami membiarkan mereka melakukan satu atau dua serangan balik. Kami kemudian bisa menguasainya lagi. Kami sedikit kehilangan arah, tapi bermain dengan jelas lagi. Kami bertahan dari serangan balik dengan bekerja sangat keras. Kami juga sedikit kehilangan irama," urai Klopp. 

"Tapi, semuanya bagus. Skor 2-0, pertandingan masih terbuka, kami harus ke sana dan bertarung. Porto akan mencoba segalanya untuk bangkit. Leg kedua akan menjadi pertandingan sulit," tegas manajer Liverpool asal Jerman tersebut. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rangking 3 IMTI 2019, Pemprov Riau Keluarkan Pergub Pariwisata Halal

Posted: 09 Apr 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pariwisata Halal. Secara resmi, Pergub tersebut ditandatangani Gubernur Riau, Syamsuar, Jumat (5/4) lalu.

Menurut Syamsuar, Pergub dikeluarkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman khususnya kepada pendatang atau wisatawan yang beragama Islam. Hal itu penting dilakukan agar wisatawan tidak was-was, terutama saat belanja kuliner.

"Pemerintah sudah menetapkan Riau sebagai destinasi pariwisata halal. Saya juga sudah menandatangani Pergub yang berkaitan dengan pariwisata halal. Besok (9 April), saya dan Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman, diundang Menteri Pariwisata untuk menandatangani kerjasama pengembangan pariwisata halal," ujarnya, Senin (8/4).

Syamsuar menjelaskan, Pergub Pariwisata Halal akan menjadi pedoman bagi pelayanan pariwisata halal kepada para pelancong. Dengan konsep pariwisata halal, ia berharap dapat menarik kunjungan wisatawan dari Timur Tengah. Goalnya tentu saja untuk kemajuan ekonomi di Provinsi Riau. Setidaknya, konsep ini bisa mengimbangi Thailand yang mayoritas penduduknya beragama non Muslim.

"Saya pernah dapat bocoran dari Menteri Pariwisata, Arief Yahya, bahwa wisatawan asal Timur Tengah sangat royal berbelanja. Mereka bisa belanja setiap hari dan menghabiskan banyak dollar. Ini peluang besar yang harus kita tangkap," tegasnya.

Syamsuar bahkan mengaku pernah berdiskusi dengan Konjen RI di Jeddah, bahwa masyarakat di sana sangat tertarik dengan Provinsi Riau. Yang mereka tahu, sampai saat ini di Riau masih menggunakan tulisan Arab Melayu. Bila ini bisa dipasarkan dengan baik, ia yakin bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan Timur Tengah untuk berkunjung ke Riau.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia sangat diperhitungkan dalam industri pariwisata halal (Halal Tourism). Maka, sebagai pemain globa, Indonesia pun harus menggunakan standar global yakni Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Ini merupakan adopsi dari standar Global Muslim Travel Index (GMTI).

"Target kita tahun ini, pariwisata halal dapat menyumbang sedikitnya 5 juta wisatawan mancanegara. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya ditarget sebanyak 2,6 juta wisman," bebernya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar, Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, target pertumbuhan pariwisata halal Indonesia sebesar 42% sejalan dengan tumbuhnya halal tourism dunia yang signifikan. "Tahun ini merupakan tahun kedua penerapan standar global GMTI dalam menilai kinerja destinasi pariwisata halal unggulan Indonesia. Sebanyak 10 destinasi pariwisata unggulan Indonesia dinilai menggunakan standar ini. Yaitu Lombok, Aceh, Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Riau, Kepulauan Riau, Malang Raya, Jawa Tengah, serta Makassar dan sekitarnya," kata dia.

Selanjutnya, berdasarkan skor IMTI 2019, Provinsi Riau dan Kepulauan Riau berhasil menempati ranking ketiga dengan nilai 63. Untuk peringkat pertama diraih Lombok dengan nilai 70 dan posisi kedua yaitu Nangroe Aceh Darussalam dengan nilai 66.

"Ada empat kategori dalam penilaian IMTI 2019. Yakni menyangkut soal Access (akses), communication (komunikasi), environment (lingkungan), dan service (pelayanan). Keempat unsur tersebut harus terpenuhi dengan baik sehingga dapat mendongkrak poin penilaian," tandasnya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: