Senin, 01 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tim Khusus Mulai Gelar Pemeriksaan Gedung di Jakarta

Posted: 01 Apr 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengeluarkan surat yang menugaskan Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) untuk memeriksa bangunan gedung bertingkat di Provinsi DKI Jakarta. Permintaan ini keluar pada 27 Februari 2019.

Pemeriksaan bertujuan untuk meningkatkan keamanan, keselamatan dan kenyamanan bagi para penghuni serta masyarakat melalui pemeriksaan kelaikan pengelolaan bangunan gedung.

Pemeriksaan juga merupakan tindak lanjut hasil evaluasi beberapa peristiwa kegagalan bangunan dan kegagalan pengelolaan bangunan seperti runtuhnya selasar di Gedung Bursa Efek Indonesia, kebakaran Gedung Kementerian Perhubungan dan Mall Taman Anggrek akibat kebocoran gas.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR yang juga Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin mengatakan, Komite K2 telah membentuk Tim Pemeriksaan Gedung di Provinsi DKI Jakarta.

Tim ini diketuai Rizal Z Tamin dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan anggota dari Kementerian PUPR, Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta, Perguruan Tinggi, dan Asosiasi.

"Gedung yang diperiksa meliputi apartemen dengan tinggi 8 lantai atau lebih, khususnya untuk apartemen kelas menengah ke bawah, gedung perkantoran dengan tinggi 8 lantai atau lebih, dan berumur lebih dari 8 tahun dan gedung pusat perbelanjaan yang berumur lebih dari 10 tahun," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2019).

Adapun pemeriksaan kelaikan pengelolaan bangunan gedung ditinjau dari tiga unsur kesiapan pengelolaan bangunan. Pertama, yakni komitmen organisasi dalam pengelolaan gedung.

Kedua, pemeriksaan perizinan penggunaan gedung mulai dari Sertifikat Laik Fungsi (SLF), keberadaan izin teknis, dan kelengkapan dokumen pendukung (AMDAL, as-built drawing, IMB dan perubahannya, laporan kajian teknis persiapan SLF, serta audit gedung terhadap bencana.

Ketiga yakni kondisi aktual pengelolaan bangunan gedung yang meliputi aspek kesesuaian fungsi dan persyaratan tata bangunan, aspek keselamatan, aspek kesehatan, aspek kemudahan, dan aspek kenyamanan. Masing-masing unsur memiliki bobot nilai.

"Sistem penilaiannya berada pada rentang 0-100 yang terbagi menjadi 5 kategori yakni tidak patuh, kurang patuh, cukup patuh, patuh dan sangat patuh," ujar Syarif.

 

90 Hari

Dia mengatakan, sesuai dengan penugasan Menteri PUPR, tim diberi waktu selama 90 hari untuk melakukan pemeriksaan bangunan gedung di Provinsi DKI Jakarta yang termasuk dalam kriteria.

"Total ada sekitar 168 bangunan di DKI Jakarta yang akan diperiksa dan hasilnya akan dilaporkan kepada Menteri PUPR. Kami juga terbuka jika ada usulan dari masyarakat untuk pemeriksaan gedung," bebernya.

Ketua Tim Pemeriksaan Bangunan Gedung Rizal Z Tamin menyatakan, telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga sampel bangunan, yakni Gedung Mix-Used Grand Indonesia, Blok M Plaza, dan Apartemen Rajawali.

"Pemeriksaan pada Senin (1/4/2019) dilakukan terhadap Gedung Bina Marga dan Gedung Cipta Karya Kementerian PUPR dan dilanjutkan gedung perkantoran swasta dan apartemen untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah lainnya," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Posted: 01 Apr 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Android saat ini menjelma menjadi sistem operasi seluler yang paling banyak digunakan. Android menyediakan opsi penyesuaian yang tak ada habisnya bagi pengguna. Alasan lain di balik kesuksesan tersebut adalah bahwa smartphone Android tersedia pada banyak pilihan harga mulai dari kelas bawah hingga kelas atas.

Terkadang, pembuat smartphone melakukan pemotongan biaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dan sebagian besar dilakukan pada kamera, pengeras suara, mikrofon, penyimpanan, dan lainnya. Inilah sebabnya mengapa ponsel cerdas Android membutuhkan lebih banyak perawatan.

Salah satu masalah yang sering ditemui pada smartphone Android adalah tak berfungsinya mikrofon. Mikrofon berfungsi menginput suara ke dalam smartphone. Jika mikrofon tak berfungsi, suara tak akan dapat masuk pada sistem smartphone. Misal, jika Anda sedang menelepon dan mikrofon tak berfungsi, maka orang yang Anda hubungi tak dapat mendengar suara Anda.

Tak berfungsinya mikrofon pasti akan mengganggu kegiatan berkomunikasi dengan smartphone. Oleh sebab itu diperlukan cara khusus untuk mengatasi mikrofon yang tak berfungsi. Jika Anda mengalami masalah ini, simak ulasan Liputan6.com mengenai cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi dilansir dari Tech Viral, Selasa (2/4/2019).

Penyebab mikrofon tak berfungsi

Ilustrasi panggilan telepon tak dikenal. (Foto: Google Play)

Ada beberapa alasan mengapa mikrofon smartphone Android Anda tidak berfungsi, terutama saat panggilan berlangsung. Sebelum mengetahui cara mengatais mikrofon yang tak berfungsi,berikut beberapa kemungkinan penyebab mengapa mikrofon tidak berfungsi:

Masalah jaringan

Biasanya, masalah jaringan dapat menyebabkan masalah mikrofon. Jika Anda berada di tengah-tengah panggilan dan tiba-tiba, orang di ujung sana tidak dapat mendengar Anda, bisa jadi ada masalah sinyal pada operator Anda.

 

Mikrofon tertutup

Terkadang, Anda secara tidak sengaja menempatkan jari-jari pada mikrofon selama panggilan yang menghalangi suara. Jadi, selama panggilan berlangsung, pastikan Anda tidak menutup mikrofon dengan jari-jari Anda.

 

Penumpukan kotoran

Tak berfungsinya mikrofon juga dapat disebabkan akumulasi debu pada mikrofon. Mungkin Anda tak pernah membersihkan mikrofon dalam jangka waktu yang lama.

 

Aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa jenis aplikasi yang tersedia di internet yang dapat menimbulkan masalah pada mikrofon. Aplikasi ini memang tidak akan melakukan kerusakan perangkat keras, tetapi dapat memodifikasi beberapa file yang dapat menimbulkan masalah mikrofon.

Cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi: Restart dan Matikan Sementara

Ilustrasi Foto Telepon Genggam atau Handphone (iStockphoto)

Restart

Nah, ini adalah salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki Masalah Mikrofon pada smartphone Android. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan dapat mengetahui seberapa parah kerusakan mikrofon.

Bukan hanya masalah mikrofon, tetapi restart sederhana dapat memperbaiki sebagian besar kesalahan Android. Restart Android Anda, setelah selesai, cukup lakukan panggilan dan periksa apakah masalah mikrofon sudah terpecahkan atau tidak.

 

Matikan sementara

Nah, ini adalah hal lain yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki masalah Mikrofon pada perangkat Android. Jika restart sederhana gagal memperbaiki masalah mikrofon, maka matikan ponsel cerdas Android Anda dan tunggu sekitar 10-30 detik sebelum menyalakannya lagi.

Cara ini akan menyegarkan perangkat keras Anda dan akan memperbaiki masalah Mikrofon dari perangkat Anda. Setelah selesai, lakukan panggilan untuk memeriksa apakah masalah terpecahkan atau tidak.

Cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi: Bersihkan Mikrofon

Ilustrasi smartphone (pixabay.com)

Seperti diketahui sebelumnya, kesalahan mikrofon juga dapat disebabkan oleh akumulasi debu pada mikrofon. Kotoran memang tidak menumpuk dalam semalam, tetapi jika Anda sering menggunakan Smartphone tersebut untuk waktu yang lama, atau jika ponsel Anda terkena debu, maka kotoran sudah pasti menumpuk.

Jadi, dalam cara ini, Anda perlu menggunakan peniti kecil atau jarum tipis untuk menyodok lubang kecil di samping konektor USB. Anda juga dapat meniup udara melalui mulut Anda langsung ke lubang mikrofon untuk menghilangkan kotoran. Jangan gunakan pakaian katun untuk membersihkan karena serat kain malah akan menyumbatnya.

Cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi: Nonaktifkan Pengurangan Noise

Nonaktifkan Pengurangan Noise (sumber: Tech Viral)

Smartphone Android terbaru yang hadir saat ini, kebanyakan memiliki fitur yang dikenal sebagai 'Pengurangan Noise'. Pada dasarnya, fitur ini menghilangkan kebisingan latar belakang ekstra selama panggilan untuk membuat suara lebih jernih.

Namun, karena beberapa bug, kadang-kadang fungsi ini malah memblokir suara panggilan sepenuhnya. Jadi, jika masalah mikrofon disebabkan oleh peredam suara, maka Anda perlu menonaktifkannya.

Pertama-tama, Buka 'Pengaturan'Pada Pengaturan, ketuk pada 'Panggilan'Sekarang pada pengaturan Panggilan, gulir ke bawah dan temukan 'Pengurangan Noise'Nonaktifkan opsi tersebut dan restart smartphone Anda.

Temukan dan Hapus Aplikasi Pihak Ketiga

Ilustrasi Handphone atau Smartphone (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Seperti yang disebutkan, aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu telepon Anda untuk mengangkat masalah mikrofon. Jadi, dalam metode ini, Anda perlu menemukan aplikasi apa saja yang Anda instal di smartphone. Jika Anda mendapatkan masalah mikrofon setelah menginstal aplikasi apa pun, maka itulah penyebab mikrofon tak berfungsi.

Anda harus mem-boot ponsel Anda dalam mode aman yang akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga sementara. Setelah mem-boot telepon Anda ke mode aman, lakukan panggilan dan periksa apakah mikrofon berfungsi atau tidak. Jika berfungsi pada mode aman, maka Anda perlu menemukan dan menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah mikrofon tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cuitan April Mop Bukan Budaya Kita Ini Bikin Ngakak

Posted: 01 Apr 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 1 April dikenal sebagai April Fool's Day atau lebih dikenal April Mop di mana pada hari ini semua orang boleh membohongi atau menciptakan lelucon pada orang lain. Bagi kepercayaan orang-orang, April Mop diperingati sebagai hari di mana semua orang diperbolehkan berbohong atau melakukan lelucon kepada orang lain.

Selain itu, mereka yang menerima lelucon dan kebohongan tersebut tentu tak boleh marah apalagi tersinggung. Sebab semua tipuan yang dilakukan hanya sebatas aksi lucu-lucuan. Tak hanya dilakukan di luar negeri, orang Indonesia pun sering ikut merayakan April Mop ini. Baru-baru ini, cuitan April Mop pun jadi trending di Twitter.

Beragam reaksi yang ditampilkan oleh netizen dalam menngaplikasikan tentang April Mob.  Salah satunya adalah reaksi netizen menyikapi bahwa April Mop bukanlah budaya kita bangsa Indonesia. Netizen mempelesetkan April Mop bukan budaya kita dengan masalah pertemanan saja yang diangkat melainkan juga urusan percintaan.

Berikut Liputan6.com rangkum 7 cuitan April Mop bukan budaya kita yang sukses bikin ngakak dan menghibur ini, Selasa (2/4/2019).

1. Kepoin mantan boleh, tapi sakit jangan sampai

2. Buat para jomblo harap bersabar, ini cuma ujian

3. Ada yang pernah ngalamin ini? Buanyaakkk

4. Selagi ada yang gratis, sikat habis

5. Sayangnya cuma dalam chatingan saja

6. Jangan pernah percaya sama mereka yang ahli wacana

7. Enggak perlu kroscek yang penting nyinyir dulu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Buat Boneka dari Teknik Origami, Hasilnya Keren Banget

Posted: 01 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Teknik origami telah lama dikenal oleh banyak masyarakat. Origami adalah salah satu kesenian melipat-lipat kertas. Teknik ini berasal dari Jepang yang menggunakan sebagian besar bahan kertas atau kain yang berbentuk persegi.

'Ori' berarti lipat dan 'kami' adalah kertas dalam bahasa Jepang. Pada umumnya origami dapat menghasilkan karya seni lipat seperti bunga ataupun hewan. Padahal ada banyak hasil karya lipat kertas yang bisa dihasilkan salah satunya adalah boneka.

Seperti dilansir dari INSIDER oleh Liputan6.com, Selasa (2/4/2019), seorang pria asal Jepang membuat sebuah boneka unik dengan teknik origami. Bukan hanya boneka biasa, melainkan boneka yang memiliki dua sisi, mampu berdiri sendiri dan sebagainya.

Dari Teknik Origami, Hasilnya Keren Banget

Pembuat boneka dari teknik origami ini bernama Haruki Nakamura. Ia membuat boneka unik dari teknik origami dengan berbagai bentuk dan jenis hewan yang lucu dan menggemaskan. Walaupun terlihat sederhana namun teknik origami yang digunakan ternyata keren banget, lho.

Seperti video yang diposting oleh INSIDER melalui akun media sosial Twitternya @thisisinsider. Video berdurasi 1 menit 44 detik ini menampilkan uniknya boneka yang menggunakan teknik origami ini. Boneka dengan teknik origami ini disebut dengan Karakuri dalam bahasa Jepang yang memiliki arti mesin.

Haruki membuat beragam boneka seperti penguin yang dapat dilipat lalu berdiri sendiri, serigala dengan seekor domba dimulutnya, seekor puma yang melepas kepala dan juga telur dinosaurus. Ia menjual boneka itu dengan harga 5 poundsterling atau sekitar Rp 93 ribu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tekan Pengangguran, Kemenhub Jalankan Program Padat Karya di Bandara Kufar

Posted: 01 Apr 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 113 orang warga sekitar Bandara Kufar, Maluku, mengikuti program padat karya yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Kol. Pnb Sarmanto mengatakan, program padat karya bertujuan untuk mengurangi kemiskinan, meningkatkan pendapatan dan menurunkan angka stunting (gizi buruk) masyarakat di sekitar bandara, lebih tepatnya warga desa Kufar Darat dan Kufar Pantai.

"Padat karya ini kan kita Kemenhub tentu mendukung programnya Presiden kita untuk meningkatkan kesejahteraan untuk menambah tenaga kerja," kata dia di lokasi, ditulis Selasa (2/4/2019).

Selain mengurangi jumlah pengangguran, program padat karya ini juga bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, gotong royong dan partisipasi masyarakat.

Para peserta program padat karya tersebut bekerja membersihkan area sekitar bandara. Mulai dari runway strip hingga saluran-saluran di sekeliling bandara.

Bandara yang terletak di tengah hutan tersebut dikelilingi oleh semak belukar yang cukup lebat sehingga perlu dilakukan pemotongan rumput secara rutin.

Dia mengungkapkan, untuk program padat karya tersebut Ditjen Perhubungan Udara telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 300 miliar di 2019. Di tahun sebelumnya, program tersebut mampu menyerap 11.882 tenaga kerja lokal di sekitar bandara.

Namun demikian, tidak semua bandara mengadakan program padat karya. Hanya 153 bandara terpilih yang dijadikan lokasi padat karya.

"Di sektor perhubungan ini dalam hal ini Ditjen Udara mempetakan mana - mana yang kira - kira perlu dilakukan padat karya. Salah satunya di satpel Kufar ini. Kita terapkan tentunya dengan alokasi kemampuan SDM yang ada di daerah sini," ujarnya.

 

Alat Sederhana

Sebanyak 113 orang warga sekitar Bandara Kufar, Maluku, mengikuti program padat karya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Para peserta program padat karya menggunakan peralatan sederhana yang mereka miliki untuk melakukan pembersihan, seperti parang dan golok. Mereka dibayar dengan upah Rp 150.000 untuk satu hari pekerjaan.

Saat pembersihan sedang berlangsung, tak jarang mereka menemukan ular besar bahkan buaya di sekitar bandara.

"Karena pembersihan ini ada drainase banyak tumbuhan rumput - rumput kita bersihkan supaya lancar tuh air - airnya yang lewat. Kemudian pohon-pohon juga mengganggu safety ya ini tentu kita potong juga," jelasnya.

Bandara Kufar memiliki panjang runway 1400 x 30 meter. Runway Strip 1.520 x 150 meter. Total luas lahan bandara secara keseluruhan adalah kurang lebih 511 Ha dan dikelilingi oleh rawa-rawa.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesetiaan Pasangan Lansia Asal Konawe Utara, Bersama Saat Lapar dan Terkapar

Posted: 01 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Konawe Utara - Nenek Nuru (65), lansia asal Konawe Utara yang mengalami luka bakar karena pingsan di atas bara api, akan menjalani operasi bedah plastik. Kisah Nenek Nuru dan suaminya, Tahir, menyedot perhatian publik karena jeratan kemiskinan yang menerpa keduanya. Mereka harus mengikat pinggang untuk menahan lapar ketika tak ada makanan yang bisa disantap.

Operasi dilakukan di RSUD Bahteramas Sulawesi Tenggara, Sabtu, 30 Maret 2019. Berdasarkan informasi, dokter yang dipercaya menangani pasien yang juga mengidap epilepsi ini, merupakan salah satu dokter terbaik rumah sakit tersebut.

Usai dioperasi, wajah dan lengan kiri nenek Nuru dipenuhi perban. Sejauh ini, keluarga pasien belum mengetahui jenis bedah plastik seperti apa yang sudah dilakukan dokter.

"Sudah dioperasi, masuk kamar sejak pukul 08.30 Wita hingga pukul 15.00 Wita baru keluar ruangan," ujar Lisratin, keluarga Nuru yang dikonfirmasi Selasa, 2 April 2019.

Lisratin mengaku hanya mengetahui soal jadwal operasi. Setelah itu, nenek asal Konawe Utara ini dimasukkan dalam kamar perawatan.

Humas RSUD Bahteramas, Masyita, mengatakan pasien dioperasi dokter setelah melalui observasi. Dokter yang mengambil langkah operasi, artinya sudah memastikan dalam kondisi stabil.

"Dokter kami itu yang terbaik. Hanya di RSUD Bahteramas yang punya, kami harapkan hasilnya maksimal," ujar Masyita.

Dia menambahkan, pasien sudah memiliki kartu BPJS dan surat keterangan tak mampu. Sehingga, biaya perawatan sudah ditanggung BPJS dan rumah sakit tinggal memberikan pelayanan.

"Sebelumnya dia tak punya BPJS, sambil menunggu itu pihak kami tetap melayani," dia menambahkan.

 

Kesetiaan Sang Suami

Kondisi Nuru (65) lansia asal Konawe Utara yang pingsan di atas bara api. (Liputan6.com/ Ahmad Akbar Fua)

Meskipun sudah tua renta dan tak mampu berjalan jauh, suami Nenek Nuru, Tahir (80), akhirnya datang ke Rumah Sakit Bahteramas di Kota Kendari, Senin, 1 April 2019.

Melewati rute puluhan kilometer dari kampungnya di Desa Poni-poniki Kecamatan Motui, Kabupaten Konawe Utara, Tahir datang mengendarai mobil bersama tetangganya. Padahal, tubuh bongkoknya tak mampu lagi menahan goncangan berkilo-kilo meter jalan berlubang yang harus dilalui sebelum tiba di Kota Kendari.

"Dia baru datang, kasihan. Karena dengar istrinya sakit, sebenarnya sudah lama ingin, tapi dia tak mau naik mobil," ujar tetangga nenek Nuru, Lislani, Selasa (2/4/2019).

Lislani menambahkan, Tahir sebenarnya tak mampu lagi berjalan jauh. Apalagi naik kendaraan roda empat, kakek yang sudah berusia lanjut ini sering memilih jalan kaki.

"Tapi, dia datang dengan kemauan sendiri. Selain itu, dia tak tahu jalan ke Kendari, jadi diajak sama tetangga," ucap Lislani.

Tahir diketahui bekerja sebagai pemanjat pohon kelapa yang diupah oleh warga yang membutuhkan. Gaji yang diperoleh, didapat dari bagi hasil yang didapatkan kakek asal Bima, Nusa Tenggara Barat itu.

"Kalau dia dapat 10, maka bagi dua dengan yang punya kelapa. Tahir dapat 5, warga dapat 5 buah. Oleh Tahir, kelapa itu dibikin kopra dan dijual," ujar Kasmin, tetangga korban.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Potret Artis Hollywood Sebelum vs Setelah Terkenal, Kontras Banget

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi artis ternama dunia tentu harus siap menjadi sorotan setiap saat. Hal ini membuat para artis Hollywood tentunya harus menjaga penampilan mereka di depan kamera dan mata penggemarnya.

Tak hanya tuntutan peran, banyak pula artis Hollywood yang merubah penampilan mereka demi ciri khas atau image yang dimiliki. Terlebih lagi ketenaran membuat mereka harus tampil semaksimal mungkin agar tetap percaya diri.

Tentu bukanlah hal yang mengejutkan jika nyatanya penampilan mereka sebelum dan setelah menjadi artis ternama sangatlah berbeda.

Dikutip dari Brightside, berikut 10 potret artis ternama Hollywood sebelum dan setelah terkenal yang sangat berbeda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jason Momoa

(foto: brightside)

Sandra Bullock

(foto: brightside)

Heidi Klum

(foto: brightside)

Taylor Swift

(foto: brightside)

Emma Stone

(foto: brightside)

Angelina Jolie

(foto: brightside)

Robert Downey Jr.

(foto: brightside)

Julia Roberts

(foto: brightside)

Meryl Streep

(foto: brightside)

Johnny Depp

(foto: brightside)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Semifinal Piala Presiden 2019 Hari Ini: Arema Ditantang Kalteng Putra

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Piala Presiden 2019 sudah memasuki babak semifinal. Di pertandingan pertama, Arema akan menjamu Kalteng Putra, Selasa (2/4/2019) di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Pertandingan di Kanjuruhan hari ini diprediksi bakal berlangsung seru. Pasalnya, kedua tim sama-sama belum terkalahkan di Piala Presiden 2019.

Arema lolos sebagai wakil dari Grup E. Di fase grup Piala Presiden 2019, Arema meraih dua kemenangan dan satu kekalahan.

Di babak perempat final, Arema menggulung Bhayangkara FC 4-0. "Pertandingan menghadapi Arema tentu berat. Tim ini memiliki kualitas dan ketika mereka bermain di kandang sendiri mendapatkan dukungan yang sangat besar dari suporternya," ujar Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliviera.

Sementara itu, Kalteng Putra juga tak terkalahkan di Grup C. Dua kemenangan plus satu hasil imbang diraih Beto Goncalves dan kawan-kawan.

"Kalteng Putra sekarang merupakan tim yang kuat. Selain mereka unggul waktu recovery, mayoritas pemainnya seperti ingin memberikan bukti karena banyak pemain mereka yang musim lalu hanya menjadi pemain cadangan di klub sebelumnya," ujar Pelatih Arema FC, Milomir Seslija.

 

Jadwal leg pertama semifinal Piala Presiden 2019

18:30 WIB, Arema FC vs Kalteng Putra, live Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

John Legend Sarapan Salad untuk Cegah Masalah Kolesterol Keturunan

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi John Legend mengatakan bahwa dirinya tidak mengonsumsi telur untuk sarapan. Juri sekaligus pelatih dalam kontes bernyanyi The Voice ini mengungkapkan dia makan salad di pagi hari.

"Dokter mengatakan bahwa saya butuh lebih banyak antioksidan dalam menu makanan saya," kata John Legend seperti dilansir dari Huffington Post pada Selasa (2/4/2019).

"Saya memiliki riwayat masalah kolesterol turun-temurun dan dokter mengatakan bahwa lebih banyak sayuran adalah cara yang baik untuk mengtasinya, jadi saya mulai mengonsumsi sayuran hijau setiap kali makan," ujar pelantun lagu "All of Me" ini pada People di sebuah wawancara. Dia menambahkan, sayuran hijau diasupnya mulai dari sarapan, makan siang, hingga malam.

Penyanyi 40 tahun itu mengatakan bahwa keluarganya memiliki masalah jantung dan kolesterol. Maka dari itu, penting baginya untuk memiliki perubahan gaya hidup dan menu makanan.

Simak juga video menarik berikut ini:

Didukung Istri

Istri John Legend, Chrissy Teigen sempat kaget saat melihat gaya hidup sang suami, tapi dia mendukungnya (FOTO: AFP)

Sang istri, Chrissy Teigen, awalnya merasa agak terkejut melihat kebiasaan baru suaminya tersebut. Namun perlahan, Teigen mulai menerima apa yang dilakukan Legend untuk hidup yang lebih sehat.

Teigen bahkan sempat mengunggah foto tentang apa yang dimakan sang suami. Selain itu, dia juga memotret status kesehatan dari Legend seperti apa yang biasa dilakukan oleh para ibu terhadap anak-anaknya.

Dalam salah satu foto di Instagram Teigen, terlihat bahwa John Legend sudah berusia "482 bulan" dan menuliskan bahwa ayah dua anak itu menyukai cokelat dan selai kacang, tapi membenci buah bit.

 

View this post on Instagram

wow they grow up so fast

A post shared by chrissy teigen (@chrissyteigen) on

John Legend sendiri sepertinya mulai mengungkap gaya hidup sehatnya ke publik. Pada Januari lalu misalnya, dia mengatakan dirinya mulai belajar berenang di usia dewasa.

"Saya tidak bisa berenang. Hari ini saya mengambil pelajaran berenang pertama sejak saya berusia 5 tahun. Ayah saya belajar di usia 60, jadi saya merasa lebih cepat dari jadwalnya," tulis ayah dari Luna dan Miles ini di akun Twitternya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain di Ambon, Ikan Mola-Mola Pernah Ditemukan di 3 Negara Ini

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Maluku - Warga di Ambon digegerkan dengan penemuan bangkai seekor sunfish atau ikan matahari atau mola-mola. Ikan bertubuh jumbo ini ditemukan dalam kondisi sudah mati di Tanjung Marthafons, kawasan Kampung Pisang, Desa Poka, kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon pada Minggu kemarin, 31 Maret 2019.

Mola-mola tersebut ditemukan pertama kali oleh nelayan lokal yang bernama Umar, sekitar pukul 13.00 WIT, mengambang di dekat keramba miliknya.

proses nekropsi ikan mola-mola yang mati di Teluk Ambon (Abdul Karim/Liputan6.com)

Awalnya, Umar dan temannya hendak menuju keramba untuk membersihkan sampah-sampah yang tersangkut, namun ia justru mendapati bangkai ikan raksasa itu.

"Ikan ini sudah mati. Pemuda-pemuda mendorongnya ke darat, tapi berat, sehingga mereka tak mampu dan akhirnya hanyut ke sini (keramba). Terdampar ke sini pukul 13.00 WIT," ujar Umar kepada Liputan6.com, Selasa (2/4/2019). 

Sebelumnya pada 2015, seorang nelayan dari kampung Lere, kecamatan Palu Barat, Sulawesi Tengah, pernah secara tak sengaja menangkap mola-mola dengan panjang 1,7 meter, lebar 1 meter dan berat 1 ton pada Selasa, 28 April 2015.

Seorang nelayan dari kampung Lere Kecamatan Palu Barat, Sulawesi Tengah berhasil menangkap Ikan Raksasa Jenis Mola - Mola

Agus, nama nelayan yang dimaksud, awalnya mengaku sempat kaget ketika melihat ikan berukuran super besar ini berada di dalam jaring ikannya. Karena penasaran, ia pun menarik jala untuk di angkat dari dalam air.

Bobot badan mola-mola yang amat berat membuat Agus harus dibantu oleh rekan-rekan nelayan lain yang kala itu juga berlayar bersamanya.

Lalu, selain di Ambon dan Palu, di mana lagi pernah ditemukan sunfish atau mola-mola yang terdampar? Berikut 3 di antaranya, yang dirangkum Liputan6.com pada Selasa (2/3/2019).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

1. Jalur Gaza - Palestina

Seekor ikan matahari (Mola mola) berukuran raksasa ditemukan mati terdampar di bibir sungai Murray, Australia Selatan pada 16 Maret 2019. Penemu bangkai ikan ini adalah penduduk setempat bernama Linette Grzelak. (Handout/Courtesy of Linette Grzelak/AFP)

Pada 2006 silam, seorang nelayan di Gaza, Palestina, pernah menemukan seekor mola-mola sepanjang 3,5 meter dan lebar 1 meter saat memancing di pesisir pantai. Hasil tangkapan pria bernama Maher al Amoudi ini menarik perhatian warga sekitar.

Warga Kota Khan Younis --selatan Jalur Gaza-- tersebut mengaku butuh lima jaring dan mobil untuk menarik ikan berbobot 1,2 ton itu. Amoudi sempat kecewa ketika mengetahui ikan yang oleh warga setempat disebut haleema ini tidak bisa dimakan.

2. California - Amerika Serikat

Mola-mola di California. (Coal Oil Point Reserve)

Mola-mola setinggi 2 meter terdampar di Coal Oil Point Reserve Santa Barbara, California Selatan, pada akhir Februari tahun ini. Setelah dilakukan analisis mendalam, jenis mola-mola itu diketahui adalah Hoodwinker Sunfish (Mola tecta) --spesies yang tidak pernah terlihat sebelumnya di Amerika Utara.

"Ketika gambar-gambar yang jelas bermunculan, saya pikir tidak ada keraguan lagi. Ini benar-benar Hoodwinker," kata seorang ilmuwan kelautan, Marianne Nyegaard, yang menemukan spesies serupa pada tahun 2017. "Saya merasa tak percaya melihatnya dan hampir jatuh dari kursi."

Asal Usul Nama "Hoodwinker"

Nyegaard menghabiskan waktu bertahun-tahun mengejar mola-mola sebelum ia menemukan dan memberi nama ikan itu. Semua kasus ikan besar kebanyakan ditemukan di Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Chile, katanya.

Kecuali satu kali, pada tahun 1890-an, ketika foto dan catatan mendokumentasikan ikan demikian muncul di Belanda.

Para ilmuwan mengatakan ada lima spesies mola-mola air asin, dan mereka berasal dari tempat yang berbeda. Satu di antaranya tinggal di perairan tropis, yang lain menyukai subtropis dan Hoodwinker lebih suka perairan dalam, kata Nyegaard yang bekerja di Divisi Kelautan di Museum Peringatan Perang Auckland di Selandia Baru.

"Inilah sebabnya mengapa sangat menarik mengapa jenis itu muncul di California," katanya. "Kami tahu ada distribusi suhu di sekitar sini dan di lepas pantai Chile, tapi lalu bagaimana cara melintasi khatulistiwa dan muncul di tempat itu? Menarik sekali apa yang membuat ikan ini melintasi khatulistiwa."

Ketika Nyegaard meneliti ikan itu, dia menyadari beberapa spesies mola-mola telah salah diidentifikasi. Satu spesies yang dianggap langka sangat umum, sedangkan ikan lain yang dianggap umum salah diidentifikasi, katanya.

"Itu tidak diketahui karena tidak ada yang benar-benar menyadari itu tampak berbeda. Ada sejarah panjang kebingungan tentang spesies dalam keluarga mola-mola," kata Nyegaard. "Ikan ini telah berhasil untuk tidak terlihat dan tidak diperhatikan oleh semua orang. Dikiranya mola-mola, jadi ikan itu menipu kita semua."

Marianne Nyegaard dari Universitas Murdoch, Australia, menyebutkan bahwa spesies baru ini berhasil lolos dari catatan ilmuwan selama hampir tiga abad dengan 'bersembunyi' dalam sejarah taksonomi sunfish yang berantakan.

Lolosnya Hoodwinker dari sejarah taksonomi sunfish atau ikan matahari sebagian besar karena mereka sangat sulit untuk dilestarikan dan dipelajari, bahkan bagi institusi sekelas museum sejarah alam.

"Itulah sebabnya kami menamainya Mola tecta, berasal dari bahasa Latin tectus, yang berarti menyamar atau tersembunyi," tambah Nyegaard.

3. Sungai Murray - Australia

Seekor ikan matahari (Mola mola) berukuran raksasa yang ditemukan mati terdampar di bibir sungai Murray, Australia Selatan pada 16 Maret 2019. Meski ukurannya besar, ikan ini tidak berbahaya bagi manusia. (Handout/Courtesy of Linette Grzelak/AFP)

Dua laki-laki di Australia menemukan makhluk hidup berbentuk aneh ketika menyisir pantai di negara tersebut pada 16 Maret 2019. Ikan bertubuh gemuk besar, tak berekor, dan bermata melotot itu mulanya dikira kayu yang mengapung di air.

Namun ketika kedua orang ini melihatnya dari dekat, mereka menyadari bahwa binatang tersebut adalah sunfish atau ikan matahari atau mola-mola.

Linette Grzelak dan rekannya, Steven Jones, menceritakan kepada Live Science yang dikutip pada Kamis. 21 Maret 2019 bahwa kondisi ikan itu sudah mati saat mereka melihatnya.

"Ikan ini sangat berat, kulitnya terasa keras dan kasar seperti badak," ungkap Jones yang merupakan seorang pengawas pemancing ikan. "Saya beberapa kali melihat hasil temuan para pemancing, biasanya hiu dan anjing laut."

Ikan matahari jarang terlihat muncul di Australia Selatan, termasuk di muara Sungai Murray yang merupakan sungai terpanjang di Negeri Kanguru. Tetapi mereka memiliki jangkauan yang luas. Spesies ini dikenal mampu hidup di seluruh dunia, sebagian besar di perairan beriklim sedang dan tropis.

Meskipun bertubuh besar, mola-mola tidak menyerang manusia. Makanan mereka berupa plankton dan binatang kecil lain di laut, seperti ubur-ubur dan zooplankton, menurut sebuah studi yang diterbitkan pada 2010 dalam jurnal Reviews in Fish Biology and Fisheries.

Selain dimensi mola-mola yang mengesankan, ikan ini dapat dikenali melalui mata mereka yang lebar, seolah selalu melotot, dan sirip tinggi yang kerap disalahartikan sebagai hiu oleh orang-orang --ketika ikan ini menyentuh permukaan laut.

Di samping itu, ikan matahari tidak memiliki ekor yang tampak seperti kebanyakan ikan pada umumnya, para peneliti melaporkan pada 2008 di jurnal PLOS One.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tas Pertama Putri Kylie Jenner Seharga Ratusan Juta Rupiah

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri pasangan Kylie Jenner dan Travis Scott, Stormi Webster kini sudah berusia satu tahun. Sang ibu pun tak jarang membagikan potret Stormi yang menggemaskan lewat Instagram pribadi.

Sebagai anak pertama, tak heran Kylie kerap memanjakan putri mungilnya. Masa kecil Stromi Webster sudah dipenuhi dengan barang mewah, apalagi Kylie dinobatkan sebagai miliader termuda.

Lewat akun Instagram @kyliejenner, adik Kendall Jenner ini mengunggah video Stormi dan sang suami Travis Scott pada Selasa, 2 April 2019.

Kylie memperlihatkan Stormi sedang berjalan kegirangan dengan memegang tas mini berwarna pink sambil diawasi oleh sang ayah Travis Scott. Namun yang menjadi perhatian bukan soal Stormi berjalan, melainkan tas yang ia kenakan.

Tas yang kenakan Stormi merupakan salah satu koleksi rumah mode ternama asal Perancis, Hermes. Sedangkan, tipe tas yang Stormi pakai adalah mini Kelly.

Stormi Webster. (dok. @kyliejenner/https://www.instagram.com/p/Bvt_N-IH0JU/Indah Permata Niska)

Berdasarkan harga yang tercantum di situs resmi Hermes, tas mini berwarna pink tersebut seharga sekitar 27 ribu dolar AS atau setara Rp 395 juta. Putri mungil Kylie dan Travis ini, sangat bahagia berjalan sambil mengenakan tas Hermes bernilai fantastis tersebut.

Ternyata, Kylie sudah mempersiapkan tas spesial untuk Stormi dari satu tahun yang lalu. Melalui channel YouTubenya, Kylie memamerkan ruangan yang berisi tas branded, mulai dari Chanel, Louis Vuitton, Prada hingga Hermes. 

Selain itu, ia juga menunjukkan tas mini berwarna pink yakni Hermes Kelly yang akan dijadikan tas pertama Stormi. "Tas ini akan aku berikan untuk Stormi. Ketika dia mengatakan, 'Mommy, aku ingin membawa tas' ini akan aku berikan sebagai tas pertamanya," ujar Kylie

Hal ini mengingatkan Kylie bahwa saat masih kecil, ia juga diberikan hadiah oleh ibunya Kris Jenner sebuah tas branded. Tidak heran jika ia juga memberikan tas branded kepada Stormi. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Vonis Kasus Pembunuhan Kakak Tiri Kim Jong-un

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tersangka kasus pembunuhan Kim Jong-nam lolos dari jerat hukuman mati. Doan Thi Huong (30) akhirnya dijatuhi sanksi pidana tiga tahun empat bulan setelah mengaku bersalah atas tuduhan yang lebih ringan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Ayu Ting Ting Tolak Ivan Gunawan Jadi Ayahnya

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ivan Gunawan diketahui memiliki kedekatan dengan Ayu Ting Ting. Banyak dari penggemar mereka yang berusaha untuk menjodohkan keduanya. Mereka berharap Ayu Ting Ting dan Ivan Gunawan bisa bersama.

Namun tidak dengan putri Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairah Razak. Bilqis justru tidak mau apabila Ivan Gunawan menjadi ayah sambungnya.

Bilqis lebih setuju Ayu Ting Ting bersama dengan Shaheer Sheikh. Kenyataan tersebut rupanya membuat Ivan Gunawan pasrah dan mendukung yang terbaik bagi Ayu Ting Ting.

"Ya enggak apa-apa (Bilqis gak setuju). Kalau memang Ayu jodohnya sama Shaheer ya silahkan," ungkap Ivan Gunawan saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

Tak Memikirkan

Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting [foto: instagram/ivan_gunawan]

Ivan Gunawan menyadari betul bahwa Bilqis masih sangat polos. Untuk itu ia tidak terlalu memikirkannya. "Enggak sedih-lah," kata Ivan Gunawan.

 

Berjodoh

(Foto: instagram.com/ivan_gunawan)

Meski demikian, jika memang Ivan Gunawan berjodoh dengan Ayu Ting Ting, ia sangat bersyukur. Ia berjanji akan mengundang seluruh awak media jika memang terjadi. "(Kalau jodoh dengan Ivan Gunawan) entar elo semua gue undang," tutupnya sambil bercanda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Digaji Rp 820 Juta per Tahun, Pria Ini Malah Pilih Jadi Vlogger

Posted: 01 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja di perusahaan teknologi raksasa dengan gaji besar, tentu menjadi impian bagi banyak orang.

Namun, seorang pria di Korea Selatan memilih keluar dari pekerjaannya di Samsung untuk menjadi seorang vlogger.

Keputusan ini bahkan sempat ditentang oleh orangtua yang meminta pria 32 tahun itu untuk mengetes kejiwaan. Pasalnya, keputusan untuk resign dari perusahaan besar dengan gaji terjamin sangat tidak bisa diterima oleh sebagian orang.

Kasus ini dialami oleh pria Korea Selatan bernama Yoon Chang Hyun. Dia sebelumnya bekerja sebagai peneliti di Samsung Electronics Co dan mendapat gaji 65 juta won atau setara dengan Rp 820 per tahun.

Namun pada 2015, Yoon memutuskan untuk berhenti dan memulai channel YouTube-nya sebagai vlogger. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Reuters, Selasa (2/4/2019).

Bagi sebagian besar orang Korea, bekerja di perusahaan besar seperti Samsung merupakan impian, terlebih dengan gaji besar, tunjangan kesehatan, dan berbagai manfaat lain. Sehingga wajar kalau keputusannya ini disayangkan oleh banyak orang.

Yoon tidak sendirian. Cukup banyak milenial di Korea Selatan yang memilih untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran dengan gaji stabil untuk mengambil pekerjaan lain di luar negeri, bahkan ada juga yang mengundurkan diri untuk bertani di desa.

"Banyak yang bertanya kepada saya, 'apakah saya gila'. Namun jika harus memilih lagi, saya akan tetap mengundurkan diri. Bos-bosku tidak terlihat bahagia, mereka kerja lembur terus dan terlihat kesepian," kata Yoon tentang keputusannya mengundurkan diri.

Asuh Channel YouTube

Booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kini, Yoon mengasuh sebuah channel YouTube pribadinya yang isinya seputar orang-orang yang mengejar karier impiannya. Dia pun membiayai hidupnya dengan uang tabungan yang selama ini dimiliki.

Pihak Samsung menolak berkomentar atas keputusan anak muda tersebut.

Namun, perusahaan raksasa seperti Samsung dan Hyundai yang membantu ekonomi Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan ekonomi paling kuat di Asia ini, memang tengah menghadapi stagnansi pertumbuhan karena kondisi ekonomi yang tidak begitu baik.

Tak Bisa Penuhi Harapan Masyarakat

Suasana booth Samsung di gelaran Mobile World Congress 2018 di Barcelona, Spanyol (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Belum lagi, kompetisi dari perusahaan-perusahaan lain membuat karyawan berpikir bahwa perusahaan-perusahaan besar sekalipun kurang bisa memenuhi harapan masyarakat.

Isu serupa bahkan terjadi secara global. Menurut survei dari Korea Research Institute Vocational Education and Training, hanya sekitar 55 persen orang Korea yang merasa puas dengan pekerjaannya.

Bahkan pada Januari lalu, "mengundurkan diri dari pekerjaan" jadi salah satu resolusi paling banyak diinginkan oleh milenial.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HNW: Umat Islam Harus Paham Sejarah Agar Semakin Mencintai Indonesia

Posted: 01 Apr 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat Sosialisasi Empat Pilar MPR di Jakarta, 1 April 2019, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak ratusan warga Kelurahan Pasar Manggis dan Menteng Atas, Kecamatan Setia Budi, menyanyi lagu 'Mars Hari Merdeka' dan 'Syukur'. Sebelum menyanyikan lagu yang biasa diperdengarkan dalam peringatan hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus, HNW mengatakan bahwa lagu itu merupakan ciptan Husein Muttahar. "Ia adalah seorang habib, ulama," ujarnya.

Mengingat lagu itu diciptakan seorang ulama, menurut HNW membuat saat menyanyikan semakin menghayati, bergemuruh, serta membuat semakin mencintai Indonesia. Dikatakan, peran ulama kepada bangsa dan negara tidak hanya itu.

Diceritakan, pada tanggal 22 Juni 1945, bangsa Indonesia memiliki Pancasila seperti yang ada dalam 'Piagam Jakarta'. Namun pada tanggal 18 Agustus 1945, ada kalangan yang tidak sependapat dengan Sila I. Keberatan itu disampaikan kepada Wakil Presiden Mohammad Hatta. Hatta pun melobby tokoh-tokoh umat Islam yang menjadi Panitia 9 agar tujuh kata dalam Sila I Pancasila dihilangkan. Lobby itu diterima dengan baik oleh para ulama, tujuh kata dihilangkan sehingga Sila I Pancasila seperti yang sekarang tertera.

"Demi persatuan, dengan kebesaran hati umat Islam, Pancasila selamat dan Indonesia tidak bubar", paparnya.

Lebih lanjut dipaparkan, ketika Indonesia merdeka, bangsa Belanda tidak suka ketika bangsa ini berbentuk NKRI. Untuk itu mereka merongrong dengan segala cara agar bisa menjajah kembali. Puncak dari ambisi negara orange itu pada Desember 1949, di mana mereka mengakui kedaulatan namun dengan bentuk Republik Indonesia Serikat (RIS). Akibatnya Indonesia tercerai berai menjadi 16 negara bagian. "Menyedihkan lagi kekuasaan tertinggi berada di tangan Ratu Juliana yang berada di Belanda", ungkapnya.

Melihat hal yang demikian, ada ulama sekaligus politikus dari Fraksi Partai Masyumi, yakni Mohammad Natsir yang merasa keberatan dengan bentuk RIS sebab hal demikian dirasa tidak sesuai dengan cita-cita Indonesia merdeka. Untuk itu pada 3 April 1950, dirinya di depan anggota parlemen menyampaikan 'Mosi Integral'. Pidato yang berisi Indonesia harus kembali ke bentuk NKRI itu diterima oleh Soekarno, Hatta, dan politisi lainnya. "Akhirnya Indonesia kembali ke bentuk NKRI", ujarnya. "Kembalinya Indonesia dari RIS ke NKRI merupakan berkat perjuangan ulama", tegasnya.

 

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) saat Sosialisasi Empat Pilar MPR dihadapan warga kelurahan Pasar Manggis dan Menteng Atas, Setiabudi, Jakarta.

Dari paparan di atas, alumni Pondok Pesantren Gontor itu menyebut hal demikianlah yang merupakan salah satu alasan mengapa Sosialisasi Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dilakukan.

"Sekarang ada yang mempertentangkan Pancasila dengan umat Islam," ucapnya.

Mempertentangkan Pancasila dan umat Islam menurut HNW tidak tepat sebab negeri ini ada juga berkat perjuangan para ulama dan umat Islam. Dengan memaparkan peran ulama dan umat Islam dalam sejarah bangsa, maka tuduhan yang selama ini dialamatkan kepada umat Islam yang anti NKRI menjadi tidak benar.

Lebih lanjut dikatakan, dengan memaparkan sejarah peran ulama, juga diharapkan akan semakin menambah kecintaan umat Islam pada bangsa dan negara.

"Untuk itu umat Islam perlu mengerti sejarah bangsa agar mencintai Indonesia," tuturnya. Ini penting sebab menurutnya Pancasila sekarang mendapat tantangan dari budaya dan ideologi yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ke-Indonesia-an.

"Ada yang mengaku saya Pancasila tetapi perilakunya tidak pancasilais," ungkapnya. Tantangan seperti inilah menurut HNW perlu dijawab oleh semua.

Meski dalam kesempatan tersebut pria asal Klaten, Jawa Tengah, itu meluruskan tuduhan yang tidak tepat yang diarahkan kepada ulama dan umat Islam namun dirinya juga mengakui ada sebagaian umat yang suka membidahkan dan mengkafirkan.

"Demokrasi disebut bidah," paparnya. Anggapan demokrasi, sekolah, radio, televisi, dan sesuatu yang tidak ada pada jaman Nabi disebut sebagai bidah ditepis oleh HNW.

"Demokrasi, sekolah, dan lainnya adalah wasilah, sebagai sarana," ungkapnya.

"Dengan menggunakan wasilah, kita bisa membuat kemaslahatan umat," ujarnya. Dengan menampilkan kemaslahatan maka akan menjauhkan hal-hal yang merugikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cara Ampuh Agar Tidak Sakit Setelah Kehujanan, Kamu Harus Tahu

Posted: 01 Apr 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat musim hujan, sering sekali kamu kehujanan karena turunnya kadang tak terduga. Kadang kamu melihat awan sudah gelap, tapi tidak hujan. Sedangkan saat langit cerah, bisa saja tiba-tiba turun hujan.

Akibat dari turunnya hujan yang tak dapat diduga tersebut, kamu menjadi kehujanan. Seringkali kamu tidak membawa payung ataupun jas hujan ketika kamu merasa hari ini tidak akan turun hujan, hanya karena melihat cuaca yang cerah.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu sedia payung dan jas hujan walaupun cuaca sedang cerah. hal itu dikarenakan cuaca kadang susah diprediksi.

Biasanya setelah kehujanan, kamu akan lebih mudah sakit. Mulai dari pusing, demam, flu, ataupun batuk biasanya dapat menyerangmu setelah kehujanan. Maka dari itu, kamu perlu menjaga tubuh agar tetap sehat dan tidak diserang penyakit. Berikut cara ampuh agar tidak sakit setelah kehujanan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2019).

1. Segera Mengganti Pakaian yang Basah

Cara yang pertama adalah dengan mengganti pakaian yang basah. Salah satu alasan kenapa kamu bisa sakit setelah kehujanan adalah karena suhu tubuh yang menurun akibat basah dan kedinginan. Hal ini menyebabkan sistem imun sedikit melemah.

Suhu tubuh rata-rata ketika seseorang kehujanan biasanya lebih rendah dari 37 derajat celcius. Sedangkan suhu tersebut adalah suhu di mana rhinovirus dapat berkembang dengan baik.

Padahal sistem imunmu saat itu sedang melemah, karena itulah kamu akan gampang sakit pada saat setelah kehujanan. Virus tersebut akan menyebabkan infeksi pada rongga hidung dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti sakit tenggookan, hidung tersumbat, batuk, bahkan demam.

Oleh karena itu, supaya tidak kedinginan karena kehujanan dan sistem imun tidak melemah, kamu harus melepaskan pakaian yang basah karena kehujanan.

2. Mandi Dengan Air Hangat dan Mengeringkan Tubuh

Ilustrasi rambut basah (Epoch Times)

Setelah melepas pakaianmu yang basah tadi, segeralah mandi. Hal ini untuk menghilangkan kuman yang menempel di kulit, baik dari genangan air hujan, maupun jalan yang berlumpur.

Sebaiknya mandi dengan air hangat untuk menaikkan suhu tubuh. Namun mandilah secukupnya, cukup 10 sampai 15 menit saja supaya kulit tidak kering. Lalu keringkan seluruh tubuh, terutama rambut. Rambut yang basah bisa membuat kalian kedinginan dan bisa menyebabkan pusing nantinya.

3. Memakai Pakaian yang Hangat

ilustrasi gambar Memakai sweater (sumber: Pixabay)

Setelah mandi dengan air hangat dan mengeringkan tubuh, pakailah pakaian yang hangat pula. Hal ini untuk mengembalikan suhu tubuhmu kembali hangat setelah kedinginan karena hujan.

Setelah hujan turun, suhu di ruangan biasanya juga akan ikut menurun. Oleh karena itu, usahakan memakai pakaian yang tebal, untuk menghangatkan tubuh dan mencegah kamu sakit setelah hujan.

4. Makan Makanan yang hangat dan Beristirahat

Setelah itu, kamu perlu untuk memakan atau minum sesuatu yang hangat. Kamu perlu untuk menghirup udara yang lebih lembap dan hangat.

Buatlah teh hangat dan hirup aromanya beberapa kali sebelum meminumnya, hal ini dilakukan agar jalan pernapasan lebih lancar.

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah beristirahatlah secukupnya. Dengan beristirahat kamu bakal terhindar dari sakit setelah kehujanan.

Intinya adalah menjaga suhu tubuh kamu tetap hangat setelah kehujanan. Karena setelah kehujanan kamu pasti akan kedinginan dan suhu tubuh kamu menurun. Saat suhu tubuh kamu menurun, virus dapat berkembang dengan baik dan membuat kamu sakit. Oleh karena itu, lakukan cara-cara di atas untuk menjaga tubuhmu tetap sehat setelah kehujanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sandiaga Uno Sapa Milenial Makassar

Posted: 01 Apr 2019 09:55 PM PDT

Sandiaga Uno menari bersama para penari saat menghadiri Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Pebisnis sekaligus calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memberikan motivasi sekaligus inspirasi bisnis kepada para milenial. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno menari bersama para penari saat menghadiri Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Pebisnis sekaligus calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno memberikan motivasi sekaligus inspirasi bisnis kepada para milenial. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno memberi pemaparan saat menjadi pembicara pada Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Sandiaga Uno yang juga Cawapres nomor urut dua itu mengimbau generasi muda agar berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno memberi pemaparan saat menjadi pembicara pada Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Sandiaga Uno yang juga Cawapres nomor urut dua itu mengimbau generasi muda agar berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno memberi pemaparan saat menjadi pembicara pada Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Sandiaga Uno yang juga Cawapres nomor urut dua itu mengimbau generasi muda agar berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno memberi pemaparan saat menjadi pembicara pada Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Sandiaga Uno yang juga Cawapres nomor urut dua itu mengimbau generasi muda agar berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno memberi pemaparan saat menjadi pembicara pada Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Sandiaga Uno yang juga Cawapres nomor urut dua itu mengimbau generasi muda agar berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha. (Liputan6.com/HO/Astro)

Sandiaga Uno memberi pemaparan saat menjadi pembicara pada Makassar Young Entreprenuer Summit (YESS) 2019 di Makassar, Senin (1/4/2019). Sandiaga Uno yang juga Cawapres nomor urut dua itu mengimbau generasi muda agar berani menghadapi tantangan dalam mengembangkan usaha. (Liputan6.com/HO/Astro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Ratusan Pengendara Ditilang Gara-Gara Merokok Sambil Berkendara

Posted: 01 Apr 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Merokok sambil berkendara masih banyak ditemui di jalan-jalan. Namun, bagi pengendara yang masih melakukan kebiasaan tersebut, kini bisa ditilang pihak kepolisian.

Pasalnya, larangan merokok sambil berkendara sudah ada peraturannya, yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Bahkan, terkait peraturan larangan merokok ini, sudah ada ratusan pengendara yang ditilang.

"Pelanggar sudah mencapai 652 kasus dari aspek mengganggu konsentrasi dan tidak wajar," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir seperti disitat dalam akun NTMC Polri, ditulis Selasa (4/2/2109).

Lanjutnya, jumlah pengendara yang ditilang itu dihitung sejak diberlakukan aturan tersebut. Penindakan tilang itu dilakukan oleh polisi berdasarkan aturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengeluarkan larangan merokok saat berkendara.

"Sebanyak 652 pelanggar itu dikenakan denda Rp750 ribu. Urus denda di pengadilan atau bayar melalui Bank BRI," tegasnya.

Selanjutnya

Nasir menyebutkan, larangan merokok bagi para pengendara diberlakukan karena dinilai dapat mengganggu konsentrasi, sehingga menyebabkan bahaya.

"Itu masuk dalam aktivitas mengganggu konsentrasi dan berpotensi membahayakan, masuknya dalam teknis keselamatan, secara etika, secara prioritas juga tidak baik. Kalau ditanya soal pelanggaran atau tidak, karena sudah jelas dan ada aturannya berarti masuk dalam pelanggaran pidana lalu lintas," tutupnya.

 

 

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah Tipis, tapi Masih Ada Potensi Kenaikan

Posted: 01 Apr 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah tipis pada perdagangan Selasa pekan ini. Namun, rupiah berpotensi untuk menguat di awal bulan ini.

Mengutip Bloomberg, Selasa (2/4/2019), rupiah dibuka di angka 14.220 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.229 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah kembali melemah ke 14.240 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.220 per dolar AS hingga 14.244 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,04 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, rupiah dipatok di angka 14.237 per dolar AS, melemah tipis jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.231 per dolar AS.

Ekonom memperkirakan rupiah berpeluang menguat seiring dengan meredanya perang dagang antara Amerika Serikat dan China.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih di Jakarta, Selasa, mengatakan, kesepakatan dagang AS-China yang semakin menunjukkan perkembangan positif, membawa optimisme global.

"Optimisme pasar menguat seiring dengan kesepakatan dagang antara AS-China yang mendekati final," ujar Lana, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, indeks manufaktur China juga sudah kembali ke level di atas 50, yaitu level ekspansi pada Maret 2019 setelah dalam tiga bulan sebelumnya berturut-turut di bawah level 50 yang merupakan level kontraksi.

Di AS, Indeks PMI Manufaktur naik menjadi 55,4 pada Maret 2019 setelah sebelumnya tercatat paling rendah 54,2 pada Februari 2019.

"Perbaikan kinerja sektor manufaktur di China dan AS ini juga membuat optimisme di pasar obligasi," kata Lana.

Lana memperkirakan pada hari ini rupiah akan bergerak menguat di kisaran 14.200 per dolar AS hingga 14.220 per dolar AS.

BI Perkirakan Nilai Tukar Rupiah Lebih 'Jinak' di 2019

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Bank Indonesia memperkirakan volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada 2019 tak setinggi 2018. Ini lebih karena sentimen utama, yaitu The Fed, mulai melunak.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan, pasalnya, pada Rabu (20/3) malam waktu setempat, The Fed mempertahankan suku bunga acuan pada 2,25 - 2,5 persen atau median 2,375 persen.

Penetapan suku bunga itu menguatkan ekspetasi pelaku pasar untuk kebijakan yang lebih melunak (dovish). The Fed juga mengubah sinyalemen untuk arah kebijakan suku bunga dalam jangka menengah, yang menyiratkan jumlah kenaikan suku bunga acuan yang lebih rendah dalam dua tahun ke depan. 

"Seperti hasil FOMC di tanggal 21 Maret, memberi sinyal semakin jelas bahwa mereka tidak akan menaikkan suku bunga, setidaknya untuk tahun 2019 ini. Artinya, satu faktor global itu sudah jelas akan memberikan dukungan terhadap stabilitas rupiah," ujar Nanang di Yogyakarta, Minggu (24/3/2019).

Meski demikian, Nanang menegaskan, Bank Indonesia tidak akan mengendorkan antisipasinya terhadap berbagai potensi gejolak ekonomi global yang mempengaruhi pergerakan rupiah.

Bank Indonesia, saat ini masih mewaspadai dinamika ekonomi global yang bisa memberikan efek rambatan terhadap negara berkembang seperti dari perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara maju, yakni Amerika Serikat, China, Jerman, dan Prancis.

"Memang ada faktor lain yang muncul yaitu situasi ekonomi global yang belakangan semakin melemah atau merosot. Tapi berdasarkan beberapa referensi itu akan bangkit di akhir tahun 2019," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Tinggalkan Pesaing

Posted: 01 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona menjadi pemuncak klasemen La Liga Spanyol pekan ke-29. Lionel Messi dan kawan-kawan mengoleksi 69 poin dari 29 laga.

Torehan Barcelona musim ini di Liga Spanyol pun sangat memuaskan. Mereka meraih 21 kemenangan, enam kali imbang, dan hanya menelan dua kekalahan.

Sementara di posisi kedua Liga Spanyol dikuasai oleh Atletico Madrid. Los Rojiblancos mengoleksi 59 poin dari 29 laga.

Posisi ketiga klasemen Liga Spanyol dikuasai oleh Real Madrid. Los Blancos hanya berselisih dua poin dengan Atletico.

Berikut klasemen Liga Spanyol selengkapnya:

 

Klasemen Liga Spanyol

1. Lionel Messi (Barcelona) - 31 gol dan 12 assist (AFP/Pau Barrena)

Jadwal Liga Spanyol

Rabu (3/4/2019)

00.30 WIB Atletico Vs Girona

01.30 WIB Espanyol Vs Getafe

02.30 WIB Villarreal Vs Barcelona

Kamis (4/4/2019)

00.30 WIB Athletic Bilbao Vs Levante

01.30 WIB Eibar Vs Rayo Vallecano

01.30 WIB Huesca Vs Celta de Vigo

02.30 WIB Valencia Vs Real Madrid

Jumat (5/4/2019)

00.30 WIB Sevilla Vs Alaves

01.30 WIB Leganes Vs Real Valladolid

02.30 WIB Real Sociedad Vs Real Betis

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Obrolan Mahasiswa Skripsi dengan Dosen Pembimbing Ini Bikin Ngelus Dada

Posted: 01 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi tentu kamu sedang mengalami masa pahit-manisnya momen berkutat dengan skripsi. Mulai dari buntu mau nulis apa, rasa malas yang menghantui, dan celotehan dari kerabat ataupun orangtua yang menanyakan "Kapan wisuda?" 

Tetapi yang tidak kalah menguji kesabaran bagi mahasiswa skripsi ialah menghadapi dosen pembimbing. Pasalnya dosen pembimbing memiliki karakter yang unik, ada yang perhatian, ada yang perfeksionis, ada juga yang dosennya sibuk bak presiden sehingga sulit untuk ditemui. 

Dilansir dari akun twitter @yeahmahasiswa, berikut 7 obrolan mahasiswa skripsi dengan dosen pembimbing yang bikin kamu ngelus dada, Selasa (2/4/2019) 

Derita mahasiswa skripsi

1. Cuman dijawab sama-sama 

Obrolan kocak  (Sumber: Twitter/@yeahmahasiswa)

2.  Yah si bapak dosen juga lupa

Obrolan kocak (Sumber: Twitter/@moayamyam)

3.  Dijawabnya satu bulan kemudian, poitive thinking aja hpnya sedang rusak 

Obrolan kocak (Sumber: Twitter/@/stefani_sinurat)

Obrolan lainnya

4. Apakah ibu tidak mau bertemu denganku? Saya butuh kepastian bu

Obrolan kocak (Sumber: Twitter/haudiw)

5.  Kalau yang ini malah dicariin

Obrolan kocak (Sumber: Twitter/Kasmiraazra)

6.  Ditanya apa jawabnya apa nih bapak, gemes deh 

Obrolan kocak (Sumber: Twitter/tengahbulan)

7.  Rasanya dicuekin dosen pembimbing sama gebetan lebih nyakitin mana nih? 

Obrolan kocak (Sumber: Twitter/yhonaarinda)

Nah, di atas adalah beberapa obrolan mahasiswa dengan dosen pembimbingnya, apa kamu juga pernah mengalaminya? Meskipun begitu, kamu tetap harus sabar menghadapinya ya, karena pintu kelulusanmu juga bergantung dengannya. Tetap semangat pejuang skripsi! 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kelanjutan Kasus Seungri, 13 Ditahan 103 Tersangka

Posted: 01 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Metro Seoul menetapkan 13 orang ditahan dan 103 tersangka dalam kasus skandal kelab Burning Sun. Seungri juga menghadapi tuduhan baru, pelanggaran UU Anti-Korupsi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PM Australia Enggan Bantu Anak - Cucu Keturunan Militan ISIS, Ini Alasannya

Posted: 01 Apr 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Canberra - Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menolak membantu anak-anak keturunan mendiang militan ISIS dari Australia, Khaled Sharrouf, menyusul permohonan pihak keluarga kepada Canberra untuk memulangkan mereka.

Penolakan itu mungkin berkaitan dengan keputusan Australia yang telah mencabut kewarganegaraan Sharrouf akibat partisipasinya menjadi kombatan ISIS.

Perdana menteri mengatakan, mereka kini bukan tanggung jawab Australia.

"Saya tidak akan membahayakan satu nyawa orang Australia untuk mencoba dan mengambil orang dari situasi berbahaya ini," kata Morrison kepada wartawan di Canberra, Senin 1 April 2019, dikutip dari the Guardian, Selasa (2/4/2019).

"Saya pikir itu mengejutkan bahwa orang Australia telah pergi dan berjuang melawan nilai-nilai kita dan cara hidup kita dan negara-negara yang cinta damai di dunia demi bergabung dengan perang ISIS."

"Bahkan lebih tercela bahwa mereka menempatkan anak-anak mereka di tengah-tengahnya."

Namun, Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton --yang lembaganya membawahi berbagai badan penegak hukum dan intelijen domestik-- punya pendapat lain mengenai nasib anak-anak itu.

Dutton sebelumnya telah mengatakan, meski "kekuatan penuh hukum" akan digunakan terhadap eks-kombatan ISIS dewasa yang kembali ke Australia, namun, anak-anak mereka akan diperlakukan secara berbeda.

"Mereka dapat diberikan bantuan dan berpotensi ditempatkan bersama keluarga lain," kata Dutton seperti dikutip dari the Guardian.

Minta Pulang...

Anak-anak Khaled Sharrouf; Zaynab (17) yang tengah hamil dan telah memiliki dua putri, Hoda (16), dan Hamza (8), saat ini mendekam di kamp pengungsian yang dikendalikan Kurdi di Al-Hawl, Suriah. Bersama mereka, ada delapan perempuan Australia lain, beserta anak-anaknya.

Mereka dilaporkan melarikan diri dari kantung pertahanan terakhir ISIS di Baghouz, sebelum dikuasai oleh paramiliter Kurdi yang dibeking koalisi negara Barat pimpinan Amerika Serikat.

Sharrouf juga memiliki dua putra, Abdullah (8) dan Zarqawi (9), yang diduga menjadi kombatan ISIS namun diyakini telah tewas bersama ayah mereka akibat serangan udara pimpinan AS di Raqqa pada 2017. Kala itu, ketiganya dikabarkan tengah berkendara di wilayah yang sempat dikuasai ISIS tersebut.

Istri Sharrouf dan ibu dari anak-anak itu, Tara Nettleton, diyakini meninggal karena kondisi medis pada tahun 2015, setahun setelah dia mengikuti Sharrouf ke Suriah dari Sydney.

Ibu Tara, Karen Nettleton, telah meminta pemerintah federal untuk membantu keluarganya yang masih hidup untuk kembali ke Australia.

"Mereka bersama militan (ISIS) dari Australia dan negara lainnya (di kamp di Al-Hawl) dan mereka tidak boleh berada di antara semua itu," katanya kepada ABC awal pekan ini.

 

Simak video pilihan berikut:

Simpatisan Asing ISIS Memohon Pulang ke Negara Asal

Ilustrasi ISIS (Liputan6.com/Abdillah)

Kamp pengungsian Al-Hawl menaungi puluhan ribu istri dan anak-anak kombatan ISIS, termasuk warga dari lebih dari 40 negara, dan pemerintah setempat telah memperingatkan bahwa mereka kewalahan.

Setidaknya 80 orang, kebanyakan anak-anak di bawah usia satu tahun, telah meninggal sejak Desember 2018, kata PBB dan badan humaniter International Rescue Committee.

Pada Senin 1 April 2019, Australia melaporkan bahwa di Al-Hawl, ada 19 anak keturunan warga negara Australia yang menjadi kombatan atau simpatisan ISIS.

Harian the Sydney Morning Herald melaporkan pada Senin bahwa seorang mantan pedagang dari Sydney yang ditahan oleh pasukan Kurdi di satu kamp, ​​Mohammed Noor Masri, telah memohon kepada Australia untuk membawanya dan keluarganya pulang.

Masri, 26, mengatakan dia menerima bahwa dia mungkin akan masuk penjara di Australia, tetapi meminta istrinya yang sedang hamil dan ketiga anaknya yang masih kecil, untuk dibawa keluar dari Suriah.

"Menyesal, menyesal. Maksudku, orang membuat kesalahan. Dan Anda harus (bersedia) membayar harganya karena kesalahan Anda," kata Masri kepada the Herald.

Pemerintah di seluruh dunia sekarang bergulat dengan apa yang harus dilakukan tentang anak-anak yatim piatu keturunan kombatan ISIS.

Bulan lalu, Prancis memulangkan lima anak keturunan seorang kombatan Prancis. Pemulangan itu difasilitasi oleh pejabat Kurdi.

Juga bulan lalu, bayi seorang remaja Inggris, Shamima Begum, meninggal di sebuah kamp pengungsi Suriah. Begum telah melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS pada usia 15 tahun. Awal tahun ini dia mengatakan ingin kembali ke rumah, tetapi pemerintah Inggris menolak dan kewarganegaraan Inggrisnya dicabut.

Termasuk Indonesia...

Polisi Irak berjalan sambil berbicara dengan rekannya menggunakan radio saat bertempur melawan militan ISIS di barat Mosul, Irak, 16 Maret 2017. (AP Photo/Felipe Dana)

Indonesia adalah termasuk salah satu negara yang memantau dekat persoalan serupa, mengingat rekam jejak mengenai keterlibatan WNI dalam kelompok teroris itu.

Kementerian Luar Negeri RI mengatakan bahwa perlu ada proses verifikasi khusus bagi para eks-simpatisan atau eks-kombatan ISIS di Suriah yang mengaku WNI dan meminta pulang ke Indonesia.

"Kita perlu melakukan verifikasi apakah mereka WNI. Verifikasi ada prosesnya tersendiri, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan seperti Kemlu, Kemendagri, BNPT, Polri, dan lainnya," kata Juru Bicara Kemlu RI, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Kamis (28/3/2019).

"Setelah (verifikasi) itu kita baru bisa menentukan apa yang bisa kita lakukan," kata Arrmanatha.

Ia menambahkan, alur lanjutan pascaverifikasi status kewarganegaraan dapat berupa tahapan yang sangat panjang, meliputi analisis profil, keikutsertaan dalam program deradikalisasi, atau bahkan proses hukum.

"Baru setelah itu kita bisa menentukan apakah mereka akan bisa kembali atau tidak," jelasnya.

Namun, Kemlu tidak merinci berapa banyak jumlah mereka atas alasan kesulitan untuk mendata total terduga WNI di Suriah saat ini.

"Dari awal mereka pergi dan masuk (ke Suriah) secara ilegal tidak terdata. Maka, sulit bagi kita untuk mendeteksi mereka sekarang ada di mana," tambah Arrmanatha. Ia juga menyebut bahwa situasi yang tak kondusif di Suriah selama konflik menyulitkan Kemlu RI untuk melakukan pendataan.

Di sisi lain, mantan kepala BNPT Ansyad Mbay sebelumnya menyatakan pentingnya memberikan kesempatan kedua kepada mereka.

"Mereka mendukung ISIS, tapi mereka sebenarnya ditipu. Dari sudut pandang kemanusiaan, siapa lagi yang akan menerimanya jika bukan kita? Kita tidak bisa membuang mereka ke laut, apalagi mereka menunjukkan penyesalan," katanya seperti dikutip dari ABC Indonesia.

"Mari merangkul mereka kembali ke masyarakat dan belajar dari kesalahan mereka."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye Unik Relawan Jokowi di Garut

Posted: 01 Apr 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Setelah sukses pemesanan sabun cuci senilai Rp 2 miliar yang dinilai sebagai kampanye, kali ini Relawan Jokowi Deui (RJD) Garut, Jawa Barat, menggunakan dodol Garut sebagai media kampanye mereka.

Sebelumnya, pembelian 100 ribu botol sabun cuci oleh Presiden Jokowi sempat menjadi buah bibir, produk hasil pemberdayaan warga penerima program keluarga harapan (PKH) asal Garut itu, dinilai syarat kepentingan politik. Namun tidak sedikit yang mengapresiasi positif atas upaya tersebut.

Widdi Nugroho Ketua Harian RJD mengatakan, ide awal pembuatan dodol sebagai media kampanye capres nomor urut satu, didasari masih banyak warga luar Garut, terutama di wilayah Jawa Barat bagian selatan, mencicipi  manis legitnya makanan asal Garut tersebut.

"Makanya kita membuat dodol yang dirasakan citarasanya dengan branding Bapak Jokowi," ujarnya, ditulis Selasa 2 April 2019.

Menurutnya, penggunaan dodol Garut sebagai media kampanye tidak berlebih, terlebih hal itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. "Tapi kita juga tidak mengklaim bahwa seluruh pengrajin dodol merupakan pendukung 01," ujarnya.

Selama ini produk dodol belum seluruhnya dinikmati masyarakat, meskipun sudah dikenal luas, namun tidak sedikit yang belum mencicipi penganan khas Garut tersebut.

"Orang hanya tahu julukanya saja Garut Kota Dodol, tapi belum merasakan, nilainya pun tidak terlalu mahal," kata dia. 

Dengan upaya itu, kampanye capres nomor urut satu bisa memberikan nuansa berbeda dengan menampilkan kekayaan lokal.  "Jadi bagimana kita bisa berkampanye dengan efisien tapi ada beberapa imbas positif yang kita dapatkan," kata dia.

Hingga kini penyebaran kampanye melalui Dodol Baraya RJD, yang dikemas dengan branding Jokowi tersebut, telah mencapai 15 ribu kemasan yang disebar ke berbagai daerah khususnya Jawa Barat dan Jabodetabek.

Kampanye Berbasis Kearifan Lokal

Rapat konsolidasi TKD Jawa Barat pemenangan capres Jokowi (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Juru Bicara Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat (Jabar) MQ Iswara mengatakan, strategi penggunaan kampanye kearifan lokal sejalan dengan rencana pemenangan capres Jokowi di Jawa Barat."Tergantung ciri khas daerahnya," ujarnya kemarin.

Untuk meningkatkan elektabilitas dan suara untuk capres nomor urut satu, setiap partai politik, maupun calon legislatif, diharapkan memiliki cara kampanye yang berbeda agar lebih menarik.

Ia mencontohkan kampanye membagikan dodol yang merupakan makanan khas asal Garut, cukup positif dalam menaikan kekhasan kearifan lokal masyarakat sekitar. "Tentunya saat kampanye di lapangan harus berbeda," ujarnya.

Selain kampanye dengan mengenalkan kearifan lokal, penggunaan fasilitas kampanye menggunakan media massa serta media sosial, cukup efektif dalam menyampaikan informasi secara luas kepada masyarakat. 

Namun meskipun demikian, lembaganya meminta kepada seluruh calon agar tetap melakukan sosialisasi langsung menemui masyarakat, termasuk para tokoh yang berada di tengah warga.

"Wajib hukumnya kita untuk datang ke kiai dan tokoh ulama," kata Iswara didampingi Ketua Partai Golkar Kabupaten Garut, Ade Ginanjar. 

Dengan upaya tersebut, Iswara berharap agar sisa waktu kampanye dua pekan ke depan, bisa dimanfaatkan secara optimal seluruh partai pendukung, untuk meraih dukungan luas masyarakat Garut dalam memenangkan calon Presiden Jokowi-Maruf Amin. 

"Kami wajibkan semua caleg di partai pengusung untuk berkampanye Jokowi dan memasang gambar Jokowi di media kampanyenya," ujarnya. 

elektabilitas Jokowi Terus Naik

Juru BIcara TKD Jawa Barat MQ Iswara memberikan keterangan pers di depan media di Garut (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Iswara menambahkan, hasil survei terakhir, raihan suara capres Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Kabupaten Garut teus mengalami peningkatan secara signifikan, dibanding lima tahun lalu.

"Pada 2014 pak [Jokowi](https://www.liputan6.com/tag/jokowi "") hanya mendapat 29 persen. Hari ini sudah 40 persen. Itu hasil raihan survei independen," ujarnya bangga.

Dengan sisa waktu dua pekan ke depan secara kampanye terbuka berlangsung, lembaga optimis mampu mendongkrak raihan suara capres nomor urut satu tersebut secara optimal.

"Kami wajibkan semua caleg para partai pengusung, untuk berkampanye Jokowi dan memasang gambar pak Jokowi di media kampanyenya" katanya. 

Tidak hanya mengkampanyekan gambar Jokowi-Maruf Amin, Iswara meminta seluruh partai berikut kadernya, bisa mensosialisasikan program Jokowi yang pro rakyat.

"Ada kartu prakerja, kartu kuliah, dan sembako murah. Itu yang jadi tawaran pak Jokowi. Itu murni dari pak Jokowi dan tak dimiliki capres lain," papar dia menjelaskan. 

Dengan upaya masif tersebut, raihan suara Jokowi di basis suara capres nomor urut dua Prabowo Sandi bisa naik signifikan. "Harus dilihat starting poinnya dari angka 20an (persen), sekarang sudah 40 persen, jelas naik siginifikan," papar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sheryl Sheinafia Daur Ulang Lagu Setia Milik Guruh Sukarnoputra

Posted: 01 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sheryl Sheinafia, penyanyi wanita muda yang multitalenta ini kembali menyanyikan lagu ciptaan Guruh Sukarnoputra. Sebelumnya Sheryl Sheinafia sempat menyanyikan lagu untuk soundtrack film Galih dan Ratna yang tayang 2017 lalu dengan judul "Gita Cinta".

Aransemen lagu "Gita Cinta" mendapat apresiasi dari penciptanya, Guruh Sukarnoputra yang menyukai aransemen serta kualitas vokal Sheryl.

Pada awal Maret ini Sheryl Sheinafia akan membawakan kembali lagu milik Guruh Sukarnoputra. Kali ini Sheryl akan menyanyikan lagu yang pernah dibawakan mendiang Chrisye dalam album Konser Tur 2001, yang berjudul "Setia".

Unsur Tionghoa

Berbeda dengan sebelumnya, lagu "Setia" diaransemen dengan versi yang lebih kekinian sesuai dengan karakter Sheryl Sheinafia. Karena kebutuhan durasi radio yang hanya sekitar 3 menit, Sherly terpaksa memangkas durasi lagu aslinya yang berdurasi 5 menit atas izin Guruh Sukarnoputra.

Persiapan Sheryl dalam menggarap lagu pun dikerjakan dengan penuh semangat. Baru-baru ini Sheryl melakukan syuting videoklip lagu "Setia" di Jakarta dengan konsep warna dan desain yang terinspirasi dari budaya Tionghoa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Uji Coba Pertama LRT Jabodebek Jalur Cibubur-Cawang Juli 2019

Posted: 01 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, uji coba pertama jalur Cibubur - Cawang LRT Jabodebek dapat dilakukan pada Juli 2019. Ini dia ungkapkan melalui akun instagram resminya @jokowi pada Selasa (2/4/2019).

Jokowi awalnya menggambarkan tentang bentangan beton nan panjang LRT Jabodebek, yang melintang di atas Jalan Tol JORR dan bersilangan dengan Jalan Tol Jagorawi di Jakarta.

"Di atas bentangan inilah nanti Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek dari Cibubur ke Cawang, Jakarta, akan melintas pergi dan pulang sejauh 14,89 kilometer," ujar Jokowi.

Dia menuturkan adalah BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk, yang mengerjakan proyek ini, telah merampungkan pembangunan jembatan bentang panjang (longspan) JORR 90 meter.

"Yang terpanjang di dunia dengan tipe U-Box Girder — di lintasan LRT Cawang-Kuningan-Dukuh Atas," tambah dia.

Dia menjelaskan, LRT Jabodebek sepanjang 44 kilometer dibangun sejak 2015, berada pada tiga lintasan yakni Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Jokowi mengatakan jika LRT Jabodebek ini akan melengkapi jaringan angkutan transportasi massal di ibu kota dan sekitarnya seperti MRT Jakarta, LRT Jakarta dan Trans Jakarta.

"Insya Allah pada Juli 2019 uji coba pertama jalur Cibubur - Cawang LRT Jabodebek sudah dapat dimulai," pungkas dia.

Adhi Karya Targetkan Pembebasan Lahan Depo LRT Selesai April

PT Adhi Karya Tbk (ADHI) kini tengah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mempercepat pembebasan lahan di Bekasi Timur yang akan digunakan sebagai depo LRT

Direktur Utama PT Adhi Karya Tbk, Budi Harto mengatakan, setidaknya butuh 10 hektar (ha) lahan untuk pembangunan depo ini. Ditargetkan proses pembebasan lahan ini akan selesai pada April 2019.

"Kira-kira sekarang yang sudah bebas itu 5 hektar yang lahan kita, dan 3 hektar yang pemukiman itu juga sudah, sisanya masih dalam proses. Akhir April selesai," ucap dia di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Pihaknya saat ini tengah dikejar oleh waktu mengingat proyek yang awalnya akan selesai pada alkhir 2019 ini terpaksa mundur hingga 2021. Kendala utamanya adalah pembebasan lahan yang ada di Bekasi tersebut.

Di sisi lain, pada Juli 2019 direncanakan untuk lintas 1 Cibubur-Cawang juga akan rampung. Bahkan direncanakan pada bulan yang sama,dilakukan uji coba menggunakan kereta LRT yang saat ini masih di PT INKA (Persero), Madiun.

"Juli untuk lintas Cibubur-Cawang rencana akan mulai uji coba bertahap," tegasnya.

Hingga saat ini, kemajuan pekerjaan LRT Jabodebek per 22 Maret 2019, secara keseluruhan rata-rata mencapai 59,64 persen dengan rincian progres untuk lintas pelayanan 1 Cawang-Cibubur sebesar 79,69 persen, lintas pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 47,95 persen dan lintas pelayanan 3 Cawang-Bekasi Timur sebesar 53,84 persen.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFC 2019: Rizky Pellu Bertekad Bawa PSM Makassar Kalahkan Kaya-Iloilo

Posted: 01 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - PSM Makassar membawa dua pemain yang baru kembali dati timnas Indonesia, yaitu Rizky Pellu dan Rahmat untuk menghadapi wakil Filipina, Kaya-Iloilo. Laga ketiga Grup H Piala AFC 2019 ini akan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (2/4/2019).

"Alhamdulillah semua siap untuk bertanding. Ini kandang kami. Mungkin kami harus berusaha untuk bisa meraih kemenangan di sini," kata  Rizky Pellu kepada wartawan.

Misi Rizky Pellu untuk membantu PSM Makassar meraih kemenangan tidak akan mudah. Sebab, Kaya-Iloilo bukan tim sembarangan. Saat ini, tim berjulukan The Lions itu memimpin Grup H dengan empat poin.

Gelandang berusia 26 tahun ini juga mengaku buta dengan kualitas Kaya-Iloilo. Untuk itu, mantan pemain Mitra Kukar ini meminta rekan-rekannya di PSM Makassar untuk disiplin taktik via arahan pelatih Darije Kalezic.

"Ya mungkin kami dan saya juga belum tahu tentang lawan bagaimana. Yang jelas kami tetap fokus ke tim kami saja. Apa yang diinstruksikan pelatih (Darije Kalezic) harus kami jalankan di pertandingan," kata Rizky Pellu.

 

Siap Tempur

Rizky Pellu saat membela PSM Makassar pada Trofeo Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Setelah kembali dari Timnas Indonesia yang melakukan pemusatan latihan di Australia dan Bali pada 9-20 Maret ditambah uji coba melawan Myanmar, lima hari setelahnya, Rizky Pellu dalam kondisi siap untuk bertanding. Lama absen dari PSM Makassar, pemain kelahiran Ambon, Maluku ini mengaku tidak kesulitan berbaur kembali bersama rekan-rekannya

"Alhamdulillah baik-baik. Kondisi saya juga baik dan siap untuk pertandingan," tutur Rizky Pellu.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Mengemis Uang, Kisah Gelandangan Minta Diajari Membaca Ini Bikin Haru

Posted: 01 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kesan gelandangan bagi sebagian orang hanyalah orang yang mencari uang dengan meminta-minta dan mengandalkan belas kasihan orang yang lewat di depan mereka.

Gelandangan sendiri adalah seorang yang hidup dalam keadaan yang tidak mempunyai tempat tinggal dan tidak memiliki pekerjaan tetap dan mengembara di tempat umum sehingga hidup tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat.

Di Amerika Serikat, seorang gelandangan wanita separuh baya mematahkan anggapan buruk tentang gelandangan. Bukan mengemis uang tapi gelandangan ini justru meminta diajari membaca.

Wanita ini bernama Amy Joe, sebagai gelandangan Amy tidak pernah meminta uang belas kasihan dari orang-orang yang lewat di sekitarnya. Amy justru selalu mendoakan orang-orang tersebut dan jika orang tersebut memberikan Amy uang, dia justru ingin diajari membaca saja.

Bertemu dengan Pengusaha yang Baik Hati

Greg Smith dan Amy Joe (sumber: goodstimes)

Selama Amy menjadi gelandangan, tidak ada satu pun orang yang dengan suka rela mengajari iya membaca. Hal tersebut tidak membuat Amy putus asa, setiap hari iya selalu mendoakan dan mencari orang yang bisa mengajarinya membaca. Hingga pada suatu hari ini bertemu dengan seorang pengusaha muda bernama Greg Smith.

Saat itu Amy melihat sosok Greg berjalan mengenakan pakaian setelan jas dan sangat rapi. Amy menghampirinya dan Greg terkejut karena gelandangan itu tidak meminta uang tapi justru mendoakannya.

 "Selamat pagi, Tuan. Semoga hari mu menyenangkan. Tuhan memberkati Anda!" kata Amy

 Amy membuat Greg penasaran karena bukan seperti gelandangan biasa. Greg Smith adalah pendiri Hybrid Athletes di Orlando, Florida, perusahaan yang mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan melalui olahraga, seperti yang Liputan6.com lansir dari Goods Times, Selasa (2/4/2019). Cerita Greg mengenai Amy di sosial media pun menjadi viral.

Akhirnya Bertemu Orang yang Ingin Mengajarinya

"Minggu lalu Amy Joe seperti menjatuhkan sebuah bom padaku. Dia mendoakan ku dan dia bilang tidak bisa membaca. Amy Joe tidak merokok, minum, tidak memiliki kecanduan narkoba, atau apa pun hal-hal negatif. Dia hanya tidak bisa membaca dan sangat ingin bisa membaca" ujar Greg

Pada akhirnya Greg bersedia untuk mengajari Amy membaca. Mereka mulai bertemu satu sama lain setiap hari Selasa selama sekitar 30 menit hingga satu jam hanya untuk makan bersama dan belajar membaca. Greg juga membelikan Amy buku untuk berlatih saat dia tidak ada.

"Amy memberitahu ku betapa sulit baginya untuk mendapatkan pekerjaan karena tidak bisa membaca." Ungkap Greg

 Semua uang yang bisa dia kumpulkan Amy, ia gunakan untuk menyewa buku-buku di perpustakaan. Yang lebih menakjubkan, Amy lebih suka belajar daripada menggunakan uang yang didapatnya untuk makanan. Dia mungkin akan berpikir bahwa dia bisa membeli makanan yang dia inginkan nanti ketika dia menemukan pekerjaan yang layak.

Amy dan Greg Akhirnya Bersahabat

Greg Smith dan Amy Joe (sumber: goodstimes)

Sejak hari itu, Greg sering menghabiskan waktu luangnya untuk mengajar Amy membaca. Dia menyewa satu buku di perpustakaan seminggu sekali sehingga mereka dapat membacanya bersama pada hari Selasa dan sehingga dia dapat berlatih sendiri sepanjang sisa minggu ini.

Tak hanya mengajari Amy membaca, Greg juga membantu memperbaiki penampilannya. Sejak saat itu mereka menjadi bersahabat. Greg memberinya makanan, minuman, dan beberapa hal lain yang mungkin ia butuhkan. Secara keseluruhan, Greg telah merawat Amy sejak saat itu. Untuk membalas budi Greg yang telah baik padanya, Amy sesekali membantu pekerjaan rumah seperti membelikan kebutuhan bulanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Mantan Sekjen Kemenag Terkait Kasus Romahurmuziy

Posted: 01 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Sekjen Kemenag) Nur Syam. Pemeriksaannya terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua PPP Romahurmuziy (RMY).

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka RMY," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (2/4/2019).

KPK juga memanggil tiga saksi lainnya untuk tersangka yang sama. Mereka adalah anggota Pansel Jabatan Tinggi Kemenag yakni Farah Yuliana, Septian Saputra, dan Fiestyo Imanta Santoso.

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Dia diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Romahurmuziy, KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

 

Banyak Laporan

KPK menemukan bahwa Romi tak hanya bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. KPK mengaku menerima banyak laporan bahwa Romi bermain di banyak daerah di Tanah Air. KPK pun berjanji akan mendalami hal tersebut.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Romi dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menemukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Romi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Bulan Dirawat, Begini 4 Kondisi Terkini Ani Yudhoyono

Posted: 01 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ani Yudhoyono, istri Presiden ke-6 RI saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit National University, Singapura.

Ani Yudhoyono sedang menjalani pengobatan kanker darah yang dideritanya. Ia dirawat di Singapura terhitung sejak 2 Februari 2019.

Sudah dua bulan berlalu. Lalu, bagaimana kondisi terkini Ani Yudhoyono?

Sang anak sulung, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY membeberkan kondisi terkini sang ibunda. Menurutnya, sang ibunda dalam kondisi stabil.

Berikut 4 kondisi terkini Ani Yudhoyono dihimpun Liputan6.com:

 

1. Stabil

Ani Yudhoyono

AHY menjelaskan kondisi terkini sang ibu, Ani Yudhoyono. Ia mengatakan, istrinya, Annisa Pohan sedang mendapat giliran jaga.

""Mendapatkan kabar langsung dari Singapura kebetulan saat ini yang sedang menjadi suster jaganya adalah istri saya Annisa dan alhamdulillah secara umum stabil walaupun tentunya masih dirawat secara intensif," ujar AHY di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 1 April 2019 malam.

 

2. Pengobatan Tahap Dua

Ani Yudhoyono yang terngah terbaring sakit mendapatkan dukungan dan doa lekas sembuh dari keluarga. (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/Btz6euBDVbl/Putu Elmira)

Selain itu, AHY menjelaskan, Ani Yudhoyono sedang menjalani kemoterapi tahap 2.

"Dan sekarang Ibu Ani masih dalam siklus kedua dalam pengobatan terhadap kanker darahnya," kata AHY.

AHY menjelaskan, saat ini, Ani Yudhoyono sedang menjalani beberapa treatment.

 

3. Tak Seaktif Biasa

Ani Yudhoyono (Foto: Instagram/annisayudhoyono)

Sementara itu, istri AHY, Annisa Pohan, sempat mengunggah foto dirinya sedang menyisir rambut Ani Yudhoyono.

Dalam caption foto yang diunggah, Annisa sempat menceritakan kondisi terkini sang ibu mertua. Kebetulan, dirinya memang sedang mendapat jatah menjadi suster untuk Ani Yudhoyono.

"Dalam 3 hari terakhir ini karena Memo baru selesai kemo cycle 2, maka kondisi Memo dalam keadaan tidak se-aktif biasanya dan belum bisa posting IG, apalagi melakukan excercise rutin seperti biasanya. Memo masih dalam kondisi harus banyak tidur istirahat," tulis Annisa, Jumat, 22 Maret 2019 lalu.

 

4. Mohon Doa

Susilo Bambang Yudhoyono menemani Ani Yudhoyono saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura (Dok.Instagram/@aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/Buf_1_JBfGt/Komarudin)

AHY tak lupa memohon doa kepada masyarakat untuk kesembuhan Ani Yudhoyono. Ia berharap, kondisi sang ibu akan semakin membaik.

"Yang lebih penting lagi adalah fighting spirit, sehingga bisa memiliki ketabahan dan kekuatan untuk mengalahkan kanker darahnya ya memang agresif," kata AHY.

Dia pun berharap masyarakat selalu mendoakan Ani Yudhoyono. Juga berharap bisa kembali pulih dan beraktivitas seperti biasanya.

"Mudah-mudahan semakin baik saya mohon doanya juga pada teman-teman sekalian dari masyarakat," ungkap AHY.

Senada, Annisa Pohan juga memohon doa untuk Ani Yudhoyono.

"Mohon doanya supaya kondisinya bisa segera sehat dan fit kembali. Kami sekeluarga memohon kebaikan hati teman-teman setiap teringat Memo untuk mendoakan kesembuhan beliau (Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo)," tutup Annisa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kubu Jokowi-Ma'ruf Minta Rizieq Shihab Tak Provokasi Umat

Posted: 01 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily meminta Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab tak memprovokasi umat dengan menyebarkan berita hoaks.

"Ingat, Habib Rizieq kan sedang di tanah suci. Tebarkan kesejukan. Kita harus memiliki komitmen bahwa pemilu itu harus kita sambut dengan kedamaian. Jangan selalu memprovokasi umat," ujar Ace di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Beberapa waktu lalu, Rizieq Shihab mengatakan para elite partai politik yang mengusung Paslon 01, Jokowi-Ma'ruf Amin meminta para ketua TPS di Arab Saudi untuk memudahkan pemenangan paslonnya.

Ace pun meminta agar Rizieq tak gmpang menuduh dan sebaiknya langsung dilaporkan saja ke pihak yang berwenang. Dengan begitu, pengawasan bersama pun dapat dilakukan.

Ace pun menegaskan, Rizieq sebaiknya juga tidak langsung menyebarkan informasi yang tidak berdasar. Sebab, hal itu dapat menjadi fitnah.

"Kalau Habib Rizieq hanya mendapat informasi dari orang lain, apakah sudah dilakukan tabayun (verifikasi) atau belum? Setiap info itu harus dipastikan kebenarannya. Menjelang pencoblosan itu banyak info yang berseliweran yang belum tentu benar," tukas Ace.

Imbauan dari Dubes RI

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Agus Maftuh Abegebriel membantah pernyataan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang menyebut kedatangan Menteri Luar Negeri (Menlu) ke Arab Saudi untuk mengarahkan dukungan warga negara Indonesia (WNI) di Pilpres, April mendatang.

Menurut dia, kedatangan Menlu Retno, beberapa pekan lalu merupakan agenda kerja resmi pemerintah, yaitu meresmikan Pelayanan Satu Atap di KJRI Jeddah.

Dia menampik tudingan Menlu juga berkunjung ke kantor KBRI Riyadh, untuk kepentingan Pilpres.

"KBRI Riyadh jaraknya 1100 km dari Jeddah. Tidak benar Menlu RI datang ke Arab Saudi untuk mengarahkan KBRI dan KJRI menyukseskan pasangan capres-cawapres tertentu. Tuduhan Rizieq Shihab di Kota suci Madinah tersebut, fitnah," ucap Agus dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/4/2019).

Tak hanya menampik kabar tersebut, Agus juga mengklarifikasi pernyataan Rizieq Shihablainnya, yang menuduh dirinya mencabut paspor Imam Besar FPI itu. Dalam video yang beredar, Rizieq juga menuding Dubes RI di Arab Saudi akan mencabut paspor WNI yang mendukung pasangan capres-cawapres tertentu.

"Tuduhan tersebut adalah sangat tidak berdasar dan mengarah pada penyebaran fitnah yang sistimatis terhadap perwakilan RI yang berada di Arab Saudi," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: [CEK FAKTA] Kabar Ibu Jokowi Aktivis Gerwani Adalah Hoaks

Posted: 01 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Foto calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi, yang tertangkap kamera bersama seorang ibu berusia sepuh, beredar di media sosial. Oleh sejumlah warganet, gambar itu kemudian dikaitkan dengan sosok asli ibunda pria asal Solo tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Reino Barack, Syahrini Berguru dengan Koki Profesional

Posted: 01 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sebulan Syahrini dan Reino Barack menikah. Selama itu juga keduanya menikmati kehidupan baru sebagai suami istri.

Sebagai pengantin baru, tentu Syahrini dan Reino Barack mengalami banyak perubahan. Mereka yang sebelumnya bertanggung jawab untuk diri sendiri, kini juga harus memperhatikan pasangannya.

Berusaha melakukan yang terbaik demi Reino, Syahrini bahkan rela belajar masak. Tak setengah-setengah, pelantun tembang "Restu" ini ingin belajar dengan salah seorang koki profesional.

"Aku juga mungkin akan belajar sama chef yang ada di restoran Beliau gitu ya. Jadi ya pengin menyenangkan suami sebagai istri, patutnya sih kan harus bisa semuanya ya. Menyiapkan semuanya seperti sekarang tugasnya jadi double," tutur Syahrini melalui sebuah wawancara eksklusif bersama CumiCumi.

Kejar Pahala

Syahrini dan Reino Barack

Ia pun menambahkan, "Biasa disiapin kan, sekarang aku yang menyiapkan, seru kalau dinikmati. Dan aku karena ingin mengejar pahala Allah, jadi ya buru-buru deh kalau ada apa-apa. 'Aku saja yang ambil, kan ibadah' gitu."

Ingin Momongan

Syahrini dan Reino Barack

Selain itu, Syahrini juga mengakui dirinya dan suami sudah tak sabar untuk menimang momongan. Diakuinya, saat ini yang bisa mereka lakukan hanya berusaha, berdoa dan memasrahkan diri kepada Tuhan.

"Doakan terus biar secepatnya dikasih sama Allah kalau dipercaya. Se-dipercayanya sama Allah saja. Kalau dikasih cepat alhamdulillah, dikasih belum tahun ini juga enggak apa," pungkasnya. (Soraya/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Kupu-Kupu Merah di Luar Angkasa Curi Perhatian

Posted: 01 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teleskop Spitzer milik NASA, belum lama ini menangkap foto sebuah objek yang bentuknya mirip dengan kupu-kupu. Objek tersebut berwarna merah dan bertengger di antara ratusan bintang kecil bercahaya. 

Dilansir Geek, objek tersebut dinamai Westerhout 40 (W40). NASA mengungkap objek ini sebuah Nebula, yakni kumpulan awan dan debu raksasa yang membentuk bintang-bintang baru.

Artikel di atas, menjadi artikel yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (1/4/2019).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian, seperti guyonan April Mop yang menjadi trending topic di Twitter, dan juga tentara di Rusia yang dilarang mengunggah foto selfie.

Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut rangkuman ketiga beritanya.

1. NASA Tangkap Kupu-Kupu Merah di Luar Angkasa

Objek memiliki dua 'sayap', yang merupakan gelembung besar dari gas interstellar yang meledak dari bintang-bintang di wilayah tersebut. 

"Objek ini diambil dari empat foto yang diabadikan teleskop Infrared Array Camera (IRAC)," ujar NASA dalam pernyataan resminya. 

W40 sendiri sempat mendemonstrasikan bagaimana formasi bintang menyebabkan hancurnya awan, yang pada akhirnya membentuk objek serupa kupu-kupu.

"Tekanan gravitasi menciptakan kumpulan awan besar berisikan debu dan gas, yang menciptakan bentuk aneh seperti sayap ini," lanjut NASA.

W40 berjarak sekitar 1.400 tahun cahaya dari Matahari. Ia diperkirakan ada di jarak nebyla Orion, yakni nebula yang lokasinya ada di galaksi Bima Sakti.

Selengkapnya baca di sini

2. Guyonan April Mop Jadi Trending Topic Twitter

1 April kerap dikenal dengan nama April Mop atau April Fools. Pada April Mop, seseorang biasanya dapat membuat guyonan yang bertujuan membohongi orang lain.

Pembahasan soal April Mop juga sudah merambah linimasa di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (1/4/2019), tagar April Mop sudah bertengger di urutan pertama Trending Topic Twitter.

Kebanyakan unggahan warganet adalah guyonan yang dibuat saat April Mop hadir. Namun tidak sedikit, warganet yang menyambutnya sebagai permulaan bulan baru.

Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa kicauan para warganet seputar April Mop, berikut ini ada beberapa kicauan yang sudah dihimpun.

Selengkapnya baca di sini

3. Tentara di Negara Ini Dilarang Pajang Foto Selfie di Medsos

Swafoto alias selfie menjadi kegemaran pengguna smartphone, aktivitas itu kerap dibarengi dengan mengunggah hasil swafoto ke media sosial.

Namun ternyata, tentara Rusia dilarang selfie dan mengunggahnya ke media sosial. Seperti dikutip dari The Independent, Kamis (28/3/2019), tentara dari Negeri Beruang Merah ini akan menghadapi masalah hukum jika berswafoto dan mengunggahnya ke internet.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Masyarakat Soal Perbandingan Tarif MRT dengan Moda Transportasi Lain

Posted: 01 Apr 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Muka Rezki Apriliya tampak semringah ketika menceritakan perjalanannya dari rumah ke tempat kerja beberapa hari ini menggunakan kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Mulai dari digratiskan selama seminggu hingga akhirnya berbayar berdasarkan jarak stasiun.

Sebagai warga Cilandak, Jakarta Selatan, ia mengaku sangat terbantu dengan adanya MRT Jakarta. Sebab selama ini, untuk menuju tempat kerjanya di kawasan Jakarta Pusat Rezki menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam.

Sebelum ada MRT Jakarta, ia seringkali menggunakan transportasi online menuju Halte Transjakarta Masjid Agung, Jakarta Selatan, dengan tarif mulai Rp 12 ribu-Rp 14 ribu dengan lama perjalanan kurang lebih 25 menit. Kemudian berpindah menggunakan Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) menuju Halte Transjakarta Monas dengan tarif Rp 3.500.

Total biaya yang harus dikeluarkan Rezki bila tidak naik MRT sebesar Rp 24.500.

Tanpa MRT, perjalanan untuk menuju Monas pun membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Hanya saja, waktu bisa semakin lama bila kedatangan busnya ada keterlambatan.

"Kadang busnya lama, jadi bisa sampai Monas itu bisa sampai 45 menit. Belum kadang macetnya," kata Rezki kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin 1 April 2019.

Setelah sampai di Halte Transjakarta Monas untuk menuju kantor Wali Kota Jakarta Pusat tempatnya bekerja bisa berjalan kaki atupun transportasi online. Sebenarnya, kata Rezki, lokasi rumahnya bisa ke beberapa halte terdekat seperti halnya rute Ragunan-Dukuh Atas.

Akan tetapi kata dia, bus tersebut harus memutar jauh dan membutuhkan waktu lama menuju Jakarta Pusat. Sehingga dia memilih langsung ke Halte Transjakarta Masjid Agung.

Sedangkan saat ini, ia menyebut rumahnya berlokasi tidak jauh dari Stasiun MRT Cipete Raya dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Bila menggunakan transportasi online hanya butuh waktu tempuh 5-10 menit saja.

"Naik MRT cuma sekitar 20 menit sampai Bundaran HI, karena masih diskon cuma bayar Rp 5.500 saja. Sehabis itu bisa lanjut Gojek atau Transjakarta juga enggak lama. Nyaman, lebih cepet, enggak ribet dan terjangkau," ucapnya.

Rezki pun hanyak merogoh kocek Rp 16.500 bila berangkat kerja menggunakan MRT.

Bandingkan dengan Sepeda Motor

 

Penumpang lainnya, Mohammad Farhan mengaku mencoba menggunkan MRT Jakarta dari Lebak Bulus-Bundaran HI guna menuju lokasi tugasnya di Balai Kota, Jakarta Pusat. Biasanya perjalanannya dari Ciledug-Balai Kota menggunakan sepeda motor. Ia harus mengeluarkan biaya bensin sebesar Rp 50 ribu untuk seminggu.

Mengingat satu bulan pertama MRT Jakarta menerapkan adanya potongan harga sebesar 50 persen. Farhan menyebut untuk parkirnya pun penumpang hanya dibebankan tarif Rp 2 ribu saja.

Setelah sampai di Bundaran HI dengan waktu tempuh 30 menit, dia memilih untuk menggunakan bus Transjakarta munuju Balai Kota dengan waktu kurang lebih 10 menit.

Farhan mengaku hal senada pun pernah dilakukannya ketika koridor 13, Tendean-Ciledug saat pertama kali beropersi. Sehingga dapat membandingkan ketika ia menggunakan sepeda motor.

"Kan masih diskon jadi hanya mengelurkan uang Rp 14 ribu pulang pergi dan Transjakarta menuju Balai Kota Rp 3.500. Kalau MRT kan nyaman, enggak kepanasan, cepat, siapa tahu ketemu jodoh," ucap Farhan.

Dengan menggunakan MRT, dalam sehari, Farhan mengeluarkan ongkos sebesar Rp 12 ribu.

 

Jadi Pilihan Alternatif

Sementara itu penumpang asal Tangerang Selatan, Fransisca mengaku dengan adanya MRT Jakarta menjadi tambahan dalam memilih transportasi untuk menuju kantornya di kawasan Palmerah, Jakarta Pusat ataupun kerjanya yang sering kali di kawasan Menteng.

Biasanya, Sisca seringkali menggunakan bus Transjakarta, kereta comutter line, ataupun transportasi online. Bila menuju kantor, ia akan memilih naik transportasi online menuju Stasiun Jurangmangu untuk menuju Stasiun Palmerah.

Sedangkan bila ingin ke kawasan Menteng, saat ini Sisca dapat menjangkaunya dengan MRT Jakarta dari Stasiun Lebak Bulus-Bundaran HI. Ia menyebut jarak tempuh rumahnya baik ke Stasiun Jurangmangu dan Stasiun MRT Lebak Bulus sama-sama membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit.

"Saat ini karena perkerjaan banyak di tengah kota kayanya MRT bisa menjadi pilihan yang asik," jelasnya.

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mulai beroperasi secara komersil pada Senin, 1 April 2019. Rencananya selama sebulan pertama berbayar ini penumpang akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan selama April 2019.

"Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui usulan PT MRT Jakarta untuk memberikan diskon sebesar 50 persrn selama bulan April 2019," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/3/2019).

Untuk besaran tarif MRT Jakarta, Kamaluddin menyebut berdasarkan yang telah disepakati oleh Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

Besaraan itu juga telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Intip Balerina Cilik Ikut Audisi Sekolah Balet di New York

Posted: 01 Apr 2019 09:26 PM PDT

Anak-anak berbaris menunggu giliran audisi sekolah balet terkenal di dunia, School of American Ballet (SAB), di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Anak-anak berbaris menunggu giliran audisi sekolah balet terkenal di dunia, School of American Ballet (SAB), di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Hermione Mercer mengikuti audisi sekolah balet terkenal di dunia, School of American Ballet (SAB), di Lincoln Center, New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Hermione Mercer mengikuti audisi sekolah balet terkenal di dunia, School of American Ballet (SAB), di Lincoln Center, New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Arthur Lowe dibantu oleh Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo saat mengikuti audisi sekolah balet di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Arthur Lowe dibantu oleh Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo saat mengikuti audisi sekolah balet di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Angelica DeRosa mengikuti audisi sekolah balet terkenal di dunia, School of American Ballet (SAB), di Lincoln Center, New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Angelica DeRosa mengikuti audisi sekolah balet terkenal di dunia, School of American Ballet (SAB), di Lincoln Center, New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo mengevalusi Angelica DeRosa saat mengikuti audisi sekolah balet yang terkenal di dunia, di Lincoln Center, New York, Senin (1/4). (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo mengevalusi Angelica DeRosa saat mengikuti audisi sekolah balet yang terkenal di dunia, di Lincoln Center, New York, Senin (1/4). (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Shawn Stitson dibantu Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo saat mengikuti audisi sekolah balet di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Shawn Stitson dibantu Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo saat mengikuti audisi sekolah balet di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo membantu Ningxin Xiong saat audisi sekolah balet di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

Kepala Fakultas School of American Ballet (SAB), Kay Mazzo membantu Ningxin Xiong saat audisi sekolah balet di New York, Senin (1/4). Sekolah balet ini memilih sekitar 100 anak perempuan dan laki-laki berusia 6 tahun untuk mengikuti pelatihan pada musim gugur nanti. (TIMOTHY A. CLARY/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Milenial PLN Bersama Warga Balekambang Kompak Bersih-Bersih Kampung Sehat

Posted: 01 Apr 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, PLN bersama warga Kelurahan Balekambang Kecamatan Kramat Jati melaksanakan Program Bersih-Bersih Kampung Sehat. Kegiatan yang berlangsung sejak Senin pagi (1/4) di Sungai Ciliwung, Condet, Jakarta Timur ini diikuti 500 warga setempat dan 100 milenial PLN.

Turut berpartisipasi dalam acara, General Manajer PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Ikhsan Asaad, Camat Kramat Jati Eka Darmawan, dan Lurah Balekambang Mintarsih. Pada kesempatan ini Ikhsan Asaad juga menandatangani "Komitmen Peduli Lingkungan". Komitmen ini merupakan wujud sinergi bersama antara PLN dan masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Usai membersihkan Sungai Ciliwung dan kampung sekitarnya, Ikhsan bersama General Trading Nusindo, Satya serta Camat Kramat Jati dan Lurah Balekambang meninjau sungai Ciliwung sepanjang 500 meter menuju ke Dermaga 2 menggunakan perahu karet.

 

Ikhsan bersama General Trading Nusindo, Satya serta Camat Kramat Jati dan Lurah Balekambang meninjau sungai Ciliwung.

"Saya mengajak semua yang ada disini untuk bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dan meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan termasuk Bantaran Sungai Ciliwung," ujar Ikhsan.

Selain membersihkan kampung dan Sungai Ciliwung, PLN juga menanam 21 bibit pohon Salak Condet dan buah-buahan lainnya, yakni tanaman Endemis Jakarta. Kemudian juga dilakukan penebaran 1.000 benih ikan nila dan patin.

 

 

Tumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, PLN mengajak warga Balekambang bersih-bersih kampung sehat.

"Terima kasih kepada PLN sudah hadir di sini bersama kami. Ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap pelestarian Sungai Ciliwung dan warga Balekambang. Kami harap ini dapat menjadi kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat ke depannya," ungkap Eka.

Sebagai bantuan untuk warga setempat, PLN menyambungkan aliran listrik ke 300 rumah di DKI Jakarta secara gratis. Melalui bantuan ini, PLN berharap semakin banyak masyarakat yang dapat menikmati listrik secara legal atau tidak lagi menyalur dari tetangga, sehingga lebih aman.

PLN menyambungkan aliran listrik ke 300 rumah di DKI Jakarta secara gratis.

Asmane (55), salah satu penerima bantuan sambung listrik gratis di Balekambang sangat bersyukur mendapatkan bantuan ini. Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir ia sekeluarga hanya bisa mendapatkan listrik dari tetangga (menyalur/levering) untuk menyalakan satu lampu.

"Di rumah hanya ada 1 lampu, di dapur. Gelap-gelapan banget. Apalagi udah mau puasa. Dapat bantuan begini rasanya senang banget. Mau sahur juga enak. Sekarang mau dagang kue juga bisa," ujar Asmane.

Kegiatan ini diramaikan dengan demo masak menggunakan kompor induksi dan ditutup dengan pemberian 500 paket sembako kepada warga Balekambang dan Pasukan Orange. Sembako senilai total Rp 500 juta ini berisi 5 kg beras, 2 liter minyak, 2 kg gula, sarden dan garam untuk tiap paketnya.Kegiatan Program Bersih-Bersih Kampung Sehat merupakan bagian dari kegiatan HUT Kementerian BUMN.

Selain kegiatan ini, PLN juga menyelengarakan Program Elektrifikasi. Melalui program-program tersebut, diharapkan BUMN dapat hadir secara nyata untuk Negeri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Usia 2 Tahun, Bocah Ini Hafal Ibukota 140 Negara Beserta Presidennya

Posted: 01 Apr 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya, tahapan perkembangan tiap anak berbeda-beda menurut usianya. Idealnya, tumbuh kembang anak berusia 2 tahun melingkupi pemahaman konsep kata sehari-hari.

Namun, berbeda dengan apa yang dialami Jeremiah Owura Addo, seorang bocah asal Ghana yang baru berusia 2 tahun itu sudah lancar menyebutkan 140 negara beserta ibukota dan nama presidennya, bahkan Indonesia sekalipun.

Dilansir Liputan6.com dari BBC News, Selasa (2/4/2019), sang ayah, Richard Addo menceritakan bahwa dirinya menyadari kecerdasan anaknya saat masih berusia 1 tahun. Di usianya itu, Jeremiah tentu saja belum duduk di bangku sekolah.

Otak Jeremiah seperti magnet

Richard Addo (Sumber: BBC News)

"Dia bisa melakukan banyak hal yang tidak kami ajari. Saat menginjak 1 tahun, kami menyadari dia punya gerak-gerik yang luar biasa yang tidak bisa kami mengerti. Tapi kami tahu mungkin itu adalah tanda-tanda kejeniusannya." Imbuh Richard Addo.

Semenjak itu, sang ayah mulai mengetahui bahwa anaknya mampu melakukan hal-hal yang anak seusianya belum bisa pahami. Ia menyebut otaknya seperti magnet yang bisa menangkap berbagai hal dengan cepat.

Akhirnya, sang ayah memutuskan untuk mengajarinya di rumah sehingga keahliannya lebih terasah nantinya saat masuk sekolah. Di awal pembelajaran, Richard mengajari banyak topik, misalnya nama-nama negara dan ibukotanya.

Sang ayah ingin Jeremiah jadi pendidik saat besar nanti

Jeremiah Addo bocah genius (Sumber: BBC News)

Selama satu bulan lamanya, Jeremiah mampu menghafal lebih dari 140 negara beserta nama ibukota dan presidennya. Dalam video yang beredar, Jeremiah dengan lancar menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan sang ayah terkait ibukota negara di dunia, nama-nama benua, hingga gunung tertinggi di dunia.

Hal itu tentu saja membuat orang-orang yang menonton terkejut dengan apa yang dilakukan bocah 2 tahun itu. Selain pengetahuan umum, Jeremiah juga diajari matematika dan sains oleh sang ayah. Richard Addo berharap Jeremiah bisa menjadi seorang pendidik saat besar nanti.

Sediakan fasilitas terbaik untuk dukung tumbuh kembang sang anak

Mengetahui kecerdasan anaknya, Richard berusaha untuk menyediakan fasilitas terbaik yang bisa mendukung tumbuh kembang sang anak. Namun bukan berarti ia ingin memaksa anaknya masuk sekolah sesegera mungkin.

Sebaliknya, seperti kebanyakan orangtua, Richard ingin anaknya merasakan bangku sekolah layaknya anak-anak pada umumnya. Richard bersyukur dikaruniai buah hati jenius seperti Jeremiah. Baginya, putranya itu adalah anugerah terbesar yang diberikan kepadanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelawak Ukraina Menang Pilpres Putaran Pertama, Kalahkan Petahana dan Eks PM

Posted: 01 Apr 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Kiev - Volodymyr Zelensky, seorang pelawak yang menjadi salah satu dari tiga kandidat Presiden Ukraina mendapatkan perolehan terbesar dalam pemilu.

Menurut hasil sementara yang diterbitkan oleh Komisi Pemilihan Umum setempat, ia mendapatkan 30,3 persen suara. Adapun petahana, Presiden Petro Poroshenko, hanya mendapatkan 16 persen; dengan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko hanya menyabet 13,4 persen.

 

Persentase tersebut dikeluarkan pasca-penghitungan 90 persen suara yang masuk, mengutip CNN pada Selasa (2/4/2019). Adapun pemilihan putaran kedua berpotensi dilakukan pada 21 April mendatang, apabila tidak ada kandidat yang mencapai ambang batas 50 persen. Diprediksi Zelensky akan bertarung melawan Presiden Poroshenko jika putaran kedua dilangsungkan.

Dalam suatu kesempatan, Zelensky, mengucapkan terima kasih kepada warga negara yang telah memilihnya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua warga Ukraina yang memilih bukan hanya untuk bersenang-senang," katanya.

Untuk diketahui, Zelensky adalah seorang pelawak yang pernah membintangi "Servant of the People." Dalam serial televisi tersebut, yang saat ini telah ditayangkan di Netflix, ia berperan sebagai guru sekolah yang beralih profesi menjadi presiden Ukraina.

Dalam kontestasi politik Ukraina, Zelensky digambarkan sebagai orang populis yang tidak memiliki banyak pengalaman politik. Ia sering berkutat pada bisnis, terutama dalam bidang hiburan yang diperkirakan bernilai puluhan juta dollar.

Meski demikian, Zelensky memiliki langkah taktis dalam menanggapi komentar negatif terkait kebijakannya yang dianggap kurang mendalam oleh sebagian pihak. Ia telah memilih beberapa teknokrat sebagai tim penasihatnya.

Di antara teknokrat yang dimaksud adalah mantan menteri keuangan Oleksandr Danylyuk; mantan menteri pengembangan ekonomi dan perdagangan Aivaras Abromavicius; anggota parlemen dan juru kampanye antikorupsi Sergii Leshchenko.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Strategi Rival Zelenski

Petro Poroshenko Presiden Ukraina yang kembali maju dalam pemilihan umum 2019 (AFP Photo)

Sementara itu, lawan utama Zelenski dalam pemilu yang kemungkinan akan bertemu dengannya dalam putaran kedua; memiliki strategi khusus kampanye.

Presiden Petro Poroshenko, sang petahana, menargetkan kalangan milenial. Hal itu dapat dilihat dalam twitnya pada Minggu, 31 Maret 2019.

"Saya ingin menarik (dukungan dari) generasi muda secara khusus hari ini," kata Poroshenko.

"Kamu melihat perubahan di negara ini, namun kamu ingin hal itu berlangsung lebih cepat lagi, lebih dalam, dan lebih berkualitas. Saya paham motif protes alian. Saya mendengarkan kalian," lanjutnya.

Tidak hanya berusaha menarik perhatian kaum muda, Poroshenko juga menyoroti ketegangan bilateral negaranya dengan Rusia.

"Terserah pada Anda, Warga Ukraina, untuk memutuskan jalan mana yang akan diambil oleh negara ini, siapa yang akan menjadi komandan tertinggi, yang akan mewakili Ukraina dalam pertemuan internasional dengan para pemimpin Barat, serta dalam percakapan dengan Moskow," tutur Poroshenko.

Ia juga menjelaskan tentang kemampuannya dapay bermain tangguh melawan Rusia. Bahkan dalam sebuah pernyataan pekan lalu melalui Twitter, ia menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin, sebagai lawan utamanya.

"ketika ditanya siapa sekutu saya, dengan siapa saya siap bersatu dan berkoordinasi terkait tindakan saya, saya menjawab: skeutu saya adalah warga Ukraina," katanya. "Siapa lawan saya? saya tidak malu untuk mengatakan secara terbuka - lawan ini adalah Putin."

Strategi asertif ini mendapatkan tanggapan. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa ia berharap mereka yang mendukung perang tidak akan menang.

Kami dengan cermat mengikuti pernyataan para kandidat, terutama di bagian yang menyangkut negara kami dan hubungan bilateral, tentu saja," kata Peskov.

"Kami mengamati pernyataan para kandidat tentang visi mereka, tentang nasib masa depan (perbatasan) Donbas dan kami membuat kesimpulan yang memadai," lanjutnya. "Tentu saja, kami tetap tidak ingin melihat partai perang di pucuk pimpinan Ukraina, tetapi ... penyelesaian kasus di tenggara Ukraina ... berdasarkan perjanjian yang ada," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Wolverhampton vs MU: Jaga Peluang Finis Empat Besar

Posted: 01 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Wolverhampton - Manchester United (MU) akan menghadapi tuan rumah Wolverhampton Wanderers di Molineux Stadium, Rabu (3/4/2019) dini hari WIB, pada laga pekan ke-33 Liga Inggris. Setan Merah wajib menang untuk bisa masuk di posisi empat besar klasemen.

Pertarungan di posisi empat besar klasemen semakin sengit setelah Arsenal menang atas Newcastle United. Hasil itu membuat The Gunners berada di peringkat ketiga menggusur Tottenham Hotspur.

Artinya posisi ketiga dan keempat klasemen akan menjadi rebutan empat klub, yaitu MU, Arsenal, Spurs, dan Chelsea. Selisih poin yang tidak jauh membuat persaingan menjadi semakin seru.

Manchester United berangkat ke Molineux Stadium dengan hasil positif setelah menang atas Watford pada akhir pekan lalu. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan perdana Ole Gunnar Solskjaer setelah menjadi manajer permanen The Red Devils.

Tugas berat menanti Solskjaer, satu di antaranya adalah lawan melawan Wolves. Klub besutan Nuno Espirito Santo itu membuat Manchester United tersingkir dari Piala FA. Artinya, Wolves tidak bisa dianggap remeh.

Pada pertemuan pertama Liga Inggris 2018-19, Wolves mampu membawa pulang satu poin dari Old Trafford. Karena itu, MU diprediksi kesulitan untuk meraih kemenangan di Molineux.

Di lini depan, Marcus Rashford berpeluang ditandemkan dengan Romelu Lukaku. Di lini tengah, Paul Pogba diharapkan dapat memperbaiki performanya setelah tampil tidak maksimal pada laga melawan Watford.

Tiga poin menjadi target yang harus dipenuhi MU jika masih ingin menjaga peluang tampil di Liga Champions pada musim mendatang.

 

Data dan Fakta

Marcus Rashford dan Romelu Lukaku. (AP Photo/Dave Thompson)

Prakiraan susunan pemain

Wolverhampton Wanderers: Rui Patricio; Romain Saiss, Conor Coady, Willy Boly; Matt Doherty, Leander Dendoncker, Ruben Neves, Joao Moutinho, Jonny; Raul Jimenez, Diogo Jota

Manajer: Nuno Espirito Santo

Manchester United: David de GEa; Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic, Paul Pogba; Jesse Lingard; Romelu Lukaku, Marcus Rashford

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Lima pertemuan terakhir

  • 06/02/2011 Wolverhampton Wanderers 2-1 Manchester United (Premier League)
  • 10/12/2011 Manchester United 4-1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 18/03/2012 Wolverhampton Wanderers 0-5 Manchester United (Premier League)
  • 22/09/2018 Manchester United 1-1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 17/03/2019 Wolverhampton Wanderers 2-1 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Wolverhampton Wanderers

  • 27/02/2019 Huddersfield Town 1-0 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 02/03/2019 Wolverhampton Wanderers 2-0 Cardiff City (Premier League)
  • 10/03/2019 Chelsea 1-1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 17/03/2019 Wolverhampton Wanderers 2-1 Manchester United (FA Cup)
  • 30/03/2019 Burnley 2-0 Wolverhampton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Manchester United

  • 02/03/2019 Manchester United 3-2 Southampton (Premier League)
  • 07/03/2019 PSG 1-3 Manchester United (Liga Champions)
  • 10/03/2019 Arsenal 2-0 Manchester United (Premier League)
  • 17/03/2019 Wolverhampton Wanderers 2-1 Manchester United (FA Cup)
  • 30/03/2019 Manchester United 2-1 Watford (Premier League)

Persentase Kemenangan

Wolverhampton 40-60 Manchester United

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Ditembak, Nipsey Hussle Ingin Hentikan Kekerasan Antargeng

Posted: 01 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Kematian Nipsey Hussle membawa duka yang mendalam tak hanya bagi penggemar, tapi juga masyarakat umum. Pasalnya, pria bernama asli Ermias Asghedom ini, dikenal orang sebagai rapper yang peduli dengan isu kekerasan dan perkelahian di Los Angeles.

Komisaris Polisi Los Angeles Stebe Soboroff menjadi salah satu yang berduka dengan kematian Nipsey Hussle.

Ia bahkan menyebut bahwa pada hari-hari menjelang kematiannya, Nipsey Hussle tengah berupaya untuk mengakhiri kekerasan antar geng di kota itu.

"Kami (aku dan @LAPDChiefMoore) seharusnya bertemu, atas permintaan @NipseyHussle, dengannya dan @rocnation besok jam 4 sore untuk membicarakan apa yang bisa kita lakukan untuk menghentikan kekerasan dan membantu anak-anak. Aku sangat sedih," tulisnya dalam cuitan di akun Twitter-nya, Senin (1/4/2019).

Dikenal Dermawan

Nipsey Hussle (dok. Instagram @nipseyhussle/https://www.instagram.com/p/BuDH6VJBrmH/Putu Elmira)

Namun usaha Nipsey Hussle untuk menciptakan kedamaian di Los Angeles tampaknya tak akan sia-sia. Dilansir dari E! News, TMZ melaporkan bahwa pertemuan ini tetap akan dilakukan, sebagai penghormatan atas nomine Grammy Awards ini.

Tak hanya ini, Nipsey Tussle juga kerap menunjukkan jiwa sosialnya. Dari laporan Los Angeles Times, Nipsey disebutkan pernah memberikan sepatu untuk anak-anak SD di wilayah Hyde Park.

Tak hanya itu, ia membantu memberikan dana untuk taman di kampus dan menawarkan pekerjaan untuk tetangganya yang membutuhkan.

Meninggalkan 2 Anak

Aparat kepolisian berjaga di luar toko pakaian Marathon Clothing setelah insiden penembakan rapper kenamaan Nipsey Husle di Los Angeles, Minggu (31/3). Rapper yang masuk nominasi Grammy Awards 2019 itu sempat dilarikan ke rumah sakit, tetapi nyawanya tida

Nipsey Hussle meninggalkan putranya dengan Lauren London, Kross Asghedom, yang baru berusia dua tahun. Ia juga memiliki putri dari hubungan sebelumnya, Emani Asghedom.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Agung: Penanganan Kapal Pencuri Ikan Sesuai Aturan

Posted: 01 Apr 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Agung RI, HM Prasetyo menanggapi cuitan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terkait dugaan adanya permainan dalam proses pelelangan kapal yang berhasil diamankan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kapal asing yang ditangkap KKP kemudian dilelang Kejaksaan dan pembelinya adalah pemilik kapal sebelumnya.

Prasetyo mengatakan, dalam kasus kapal ini, ada beberapa penyelesaian. Ada kapal yang harus dilelang dan dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan.

"Kapal itu ada yang ditenggelamkan, silakan kalau memang putusannya dimusnahkan, seperti itu. Kalau dirampas oleh negara tentunya konotasinya dilelang sebagai PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)," jelasnya di Kantor Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (1/4/2019).

"Setelah dilelang lalu dipakai lagi ya tangkap lagi. Diproses lagi. Kita tak boleh melawan putusan," lanjutnya.

Prasetyo mengatakan, kapal-kapal asing yang berhasil ditangkap KKP juga bisa dialihkan penggunaannya seperti diserahkan ke kelompok nelayan, ke lembaga pendidikan untuk praktek pelayaran maupun untuk lembaga riset. Bagi kapal yang statusnya barang rampasan negara, pengalihannya juga harus atas persetujuan Menteri Keuangan.

"Jadi kita tidak bisa sembarangan mengalihkan, diminta oleh Menteri Kelautan langsung kita kasih, enggak bisa, harus dari Menteri Keuangan dulu. Dan Menteri Keuangan selalu mengembalikan pada kita, Jaksa gimana bisa enggak dialihkan penggunaannya? Ya ada aturannya," jelasnya.

Proses pelelangan, lanjut Prasetyo, juga tak dilaksanakan sembarangan. Ada tim penaksir (appraisal) dan pelelangan dilakukan secara terbuka.

"Jadi enggak ada yang disembunyikan. Kalau pun misalnya setelah dilelang kemudian ternyata ketangkap lagi, diproses lagi dengan hukuman yang lebih berat lagi," jelasnya.

"Kalau ketahauan dibeli oknum, kita tentunya kita hindari itu. Pelelangan terbuka untuk umum. Kalian juga bisa beli. Siapapun bisa. Jangan dipersoalkan ternyata kemudian setelah dilelang ketangkap lagi, itu bukan urusan kita. Ketangkap ya diproses lagi. Bahkan ada hal yang memberatkan," pungkasnya.

Kata Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di 3rd Bali Tuna Conference (Dok Foto: Humas KKP)

Untuk diketahui, pada 24 Maret lalu di akun twitternya, Menteri Susi menuliskan bahwa 2 bulan lalu KKP menangkap 4 kapal Vietnam yang pernah ditangkap 6 bulan sebelumnya.

"2 bulan lalu KKP menangkap 4 kapal Vietnam yg pernah kita tangkap 6 bulan sebelumnya. Karena 2 tahun terakhir wacana kapal asing tangkapan dilelang. Akhirnya beberapa tuntutan Jaksa dan pengadilan putus Lelang. Yg terjadi diam2 Kapal dilelang murah dibeli oleh mereka," tulis Susi.

"Saya mohon dengan segala kerendahan hati dan demi kedaulatan sumber daya perikanan kita, dan Untuk Laut Masa Depan Bangsa.. STOP semua lelang kapal pencuri ikan. Putuskan semua untuk dimusnahkan. Terimakasih." lanjut dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Hajar Newcastle, Ozil Bermain Sesuai Skenario

Posted: 01 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Manajer Arsenal, Unai Emery, memuji peran Mesut Ozil kala mengalahkan Newcastle United 2-0 di Emirates Stadium, Selasa (2/4/2019) dini hari WIB dalam pertandingan lanjutan kompetisi Liga Inggris.

Meski tak mencetak gol, Ozil dinobatkan sebagai man-of-the-match dalam pertandingan itu. Emery menilai Ozil bermain seperti yang diinginkan tim.

Dua gol Arsenal ke gawang Newcastle dicetak Aaron Ramsey pada menit pada menit ke-30 dan Alexandre Lacazette pada menit ke-83. The Gunners juga mendominasi sepanjang permainan.

"Saya suka cara bermain semua pemain dan Mesut (Ozil) dengan kualitasnya telah membantu kami dan memberikan baktinya kepada kami," ujar Emery, seperti dilansir BBC.

"Juga momen dan keterampilan individual, dia memiliki kapasitas untuk membantu kami," tutur pelatih Arsenal berpaspor Spanyol ini.

Ke Peringkat Ketiga

Pelatih Arsenal, Unai Emery, memuji Mesut Ozil. (AP Photo/Frank Augstein)

Berkat kemenangan itu, Arsenal kini merangsek ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga Inggris. Itu juga menjadi kemenangan kandang kesepuluh beruntun Arsenal dalam pertandingan Liga Inggris.

Emery mulai percaya kepada Ozil, setelah sempat meminta playmaker asal Jerman itu tampil konsisten dalam latihan. Ozil juga membuktikan kualitas sebagai pemain top.

Posisi Ketiga

Arsenal menempati posisi ketiga dengan koleksi 63 poin. Sementara Tottenham Hotspur di peringkat keempat, disusul Manchester United yang menduduki urutan kelima, yang sama-sama mengumpulkan 61 poin.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Menyisir Rambut Sebelum Tidur Bagi Kesehatan, Bisa Hilangkan Stres

Posted: 01 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menyisir rambut penting untuk diketahui. Pasalnya, rambut adalah mahkota. Tidak heran, kalau beberapa wanita rela melakukan perawatan khusus untuk rambut. Mulai dari menggunakan bahan-bahan alami hingga menggunakan teknologi canggih yang ada di salon. 

Ternyata ada cara mudah untuk merawat rambut, namun sering diabaikan oleh beberapa orang. Sama halnya dengan merawat atau ritual khusus untuk wajah saat sebelum tidur. Ternyata ada juga ritual khusus yang juga harus dilakukan untuk merawat rambut sebelum tidur. Ya, menyisir rambut.

Menyisir rambut sebelum tidur merupakan salah satu hal yang jarang diketahui bagi kebanyakan orang. Bahkan beberapa orang malah kurang memperhatikan perawatan rambut sebelum tidur, terutama menyisir rambut ini. Siapa sangka, dengan menyisir rambut sebelum tidur merupakan salah satu teknik sederhana yang dapat membuat rambut menjadi lebih indah dan sehat.

Baik dilakukan untuk wanita ataupun pria, cara sederhana yang dilakukan dengan rutin ini mampu memberikan hasil yang tidak kalah bagusnya dengan perawatan di salon. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan cara ini saat sebelum tidur. Soalnya ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan menyisir rambut sebelum tidur.

Nah, kali ini Liputan6.com, Selasa (2/4/2019) telah mengulas beberapa manfaat dari menyisir rambut yang dilakukan saat sebelum tidur. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini cara menyisir rambut sebelum tidur dan manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Menyisir Rambut Sebelum Tidur

Ilustrasi menyisir rambut.

Mencegah Rambut Kusut

Manfaat menyisir rambut lainnya sebelum tidur adalah dapat mencegah rambut kusut di pagi harinya. Ya, dengan menyisir rambut sebelum tidur maka akan menghindari rambut kusut yang disebabkan oleh bantal. Selain itu, dengan menyisir rambut sebelum tidur bisa menghilangkan kotoran yang menempel di kulit kepala.

Menyisir Rambut Sebelum Tidur Baik untuk Kesehatan

Menyisir rambut. (via: purewow.com)

Melancarkan Sirkulasi Peredaran Darah

Ternyata menyisir rambut sebelum tidur bisa melancarkan peredaran darah di kepala. Ya, karena secara tidak langsung sisir yang mengenai kulit kepala akan membuat peredaran darah di kepala menjadi lancar. Hal ini disebabkan karena pijatan secara tidak langsung dari sisir yang Anda gunakan.

Menyisir rambut yang dimulai dari kulit kepala secara perlahan hingga turun ke ujung rambut, mampu membantu sirkulasi minyak alami dan hormone kelenjar yang diproduksi di kulit kepala. Minyak alami dan hormone kelenjar ini berguna bagi kesehatan rambut dan menjaga rambut tetap sehat, bercahaya, dan membuat menjadi cepat panjang.

Selain itu, di saat Anda menyisir rambut akan membuat folikel rambut menjadi aktif dan memicu munculnya folikel rambut yang baru. Sehingga rambut akan terlihat berkembang dan menjadi tebal.

Menghilangkan Stres

Manfaat menyisir rambut lainnya adalah bisa menghilangkan stress. Mengapa bisa? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau sisir yang Anda gunakan itu secara tidak langsung memijat kulit kepala sehingga merangsang kapiler darah, dan meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan nutrisi serta oksigen ke kepala.

Menyisir rambut sebelum tidur ini menjadi penting karena sangat berguna menjaga kualitas kesehatan rambut. Namun perlu Anda ingat, semua manfaat ini bisa didapatkan kalau Anda menyisir rambutnya dengan benar dan rapih. Jangan lupa juga untuk memilih sisir yang sesuai, juga sangat menentukan keberhasilan dari manfaat ini.

Menguatkan akar rambut

Menguatkan Akar Rambut

Jika Anda menyisir rambut sebelum tidur, maka mampu membuat rambut menjadi mengkilap dan kuat. Hal ini dikarenakan pada saat Anda menyisir, rambut akan tertarik hingga ke bawah dan hal ini dapat menguatkan akar rambut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Kece Luna Maya Saat Liburan ke Jepang

Posted: 01 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah segudang kesibukan di dunia hiburan, liburan selalu menjadi momen yang paling dinanti para selebritas. Satu di antaranya aktris cantik Luna Maya yang terlihat menghabiskan waktu liburan dengan bertolak ke Negeri Sakura.

Sederet potret dibagikan Luna Maya melalui akun Instagram pribadi @lunamaya. Seperti ketika aktris berusia 35 tahun ini singgah di kawasan Shinjuku, Jepang. Ia terlihat berpose di sebuah tangga dengan latar belakang rumah-rumah warga sekitar.

Penampilan kasualnya pun tak kalah menarik disimak. Luna tampil kece dalam balutan atasan berwarna coklat dipadu long cardigan bernuansa cream serta celana panjang warna navy blue.

Luna Maya saat liburan ke Jepang. (dok. Instagram @lunamaya/https://www.instagram.com/p/BvtPySdF5Qv/Putu Elmira)

Gaya pemain film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur ini juga dilengkapi dengan sneakers dengan paduan warna oranye dan hijau tosca. Tanpa banyak polesan makeup, rambut Luna ditata dengan gaya bun tinggi.

"Waiting for my taki #Kiminonawa #stairs #anime #taki #mitsuha," tulis Luna Maya dalam potret yang diunggah pada 31 Maret 2019.

Di potret berbeda namun masih dengan outfit yang sama, Luna tampak berfoto bersama ponakan di sebuah jembatan. Latar potret tersebut tampak begitu indah dengan bunga sakura berwarna pink yang tengah bermekaran.

Selain itu, Luna Maya juga sempat mengunjungi salah satu destinasi andalan di Jepang yakni Tokyo DisneySea. Tak sendiri, dalam potret yang dibagikan, Luna Maya tampak merangkul ponakannya.

Kali ini, Luna mengenakan hoodie dibalut long cardigan warna cream untuk menghalau udara dingin. Ia juga memakai celana panjang hitam dan sepatu berwarna senada, sling bag, juga sarung tangan. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai indah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tilang Ratusan Pengendara Motor Merokok Sambil Berkendara

Posted: 01 Apr 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan penindakan terhadap para pengendara sepeda motor terkait Permenhub nomor 12 tahun 2019 yang mengatur tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. Alhasil, ratusan pengendara sepeda motor ditilang polisi.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengatakan, jumlahnya tercatat ada 652 pengendara ditilang sejak Senin 11 Maret 2019. Jumlah itu termasuk pengendara motor yang merokok saat berkendara.

"Pelanggar sudah mencapai 652 kasus dari aspek mengganggu konsentrasi dan tidak wajar," katanya saat dikonfirmasi, Selasa (2/4/2019).

Jumlah pelanggar tersebut dikenakan Pasal 283 atas pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Ancamannya kurungan tiga bulan penjara atau denda Rp 750 ribu.

"Sebanyak 652 pelanggar itu dikenakan denda Rp 750 ribu. Urus denda di pengadilan atau bayar melalui Bank BRI," ujarnya.

 

Permenhub

Seperti diketahui, pengendara sepeda motor yang mengemudi sambil merokok bakal terancam kurungan penjara selama tiga bulan atau didenda sebanyak Rp 750 ribu. Penindakan tilang itu bakal diterapkan aparat kepolisian sebagaimana aturan Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan larangan merokok saat warga mengendarai sepeda motor.

Aturan tersebut tertuang dalam Permenhub RI Nomor 12 tahun 2019 dan resmi digulirkan sejak 11 Maret 2019 lalu. Di wilayah hukum Polda Metro Jaya sendiri, penindakan merokok saat berkendara sudah berjalan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejumlah Seniman Bikin Ruang Tengah Indonesia Dinginkan Pemilu 2019, Apa Itu?

Posted: 01 Apr 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari satu bulan lagi, Indonesia akan menggelar pesta demokrasi pada 17 April, yaitu Pemilu 2019.

Berhubung kampanye terbuka sudah mulai dilakukan oleh kedua pasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) membuat suasana Pemilu 2019 semakin memanas.

Melihat kondisi yang semakin panas, sejumlah seniman Indonesia membuat gagasan Ruang Tengah Indonesia. Apa itu Ruang tengah Indonesia?

Untuk mendinginkan suasana Pemilu 2019, Ruang Tengah Indonesia yang digagas oleh sejumlah seniman kenamaan Indonesia seperti Yovie Widianto, Eka Gustiwana, dan grup musik Hivi merupakan tempat berbagi yang penuh kehangatan untuk cita-cita, cipta dan cinta serta harapan untuk Indonesia.  

Apa saja yang dilakukan oleh seniman-seniman Indonesia dalam gagasan Ruang Tengah Indonesia untuk Pemilu 2019? Simak video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibanderol Rp111 Juta, Honda CBR250RR Tetap Laku di Thailand

Posted: 01 Apr 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Honda CBR250RR sudah mengaspal di Indonesia sejak 2016 silam. Sedangkan sportbike full-fairing tersebut baru meluncur di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2019 untuk konsumen Thailand.

Menariknya, harga Honda CBR250RR di Thailand jauh lebih mahal dibanding Indonesia, mencapai THB249.000, atau sekitar Rp111 jutaan. Tingginya banderol tersebut lantaran pesaing Kawasaki Ninja 250 ini didatangkan langsung dari Jepang (Kurs THB1 = Rp448).

Meski demikian, pesaing Kawasaki Ninja 250 ini tetap laris manis di Thailand. Buktinya, mengutip dari Greatbiker.com, pemesanan all-new Honda CBR250RR telah mencapai 45 unit hanya dalam 4 hari. Padahal target AP Honda Thailand hanya sebanyak 50 unit dalam 12 hari.

Seperti sempat dikabarkan sebelumnya, terdapat beberapa perbedaan dengan versi Indonesia. Lampu sein Honda CBR250RR Thailand terpisah dari DRL dan dipindahkan ke fairing, layaknya Honda CBR150R.

Selebihnya tak ada perbedaan dari segi fitur. Sama seperti versi Indonesia, Honda CBR250RR Thailand juga memiliki instrumen panel digital, full-LED lighting, dan dual exhaust system. Tak lupa teknologi throttle-by-wire yang dipadu 3-step riding mode.

 

 

 

Selanjutnya

Sama seperti versi Indonesia, sektor dapur pacunya dihuni mesin 2-silinder inline 249,7 cc liquid-cooled. Alhasil, all-new Honda CBR250RR mendapat asupan tenaga sebesar 38,2 Tk dan torsinya mencapai 23,3 Nm.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Gagal Pamer, Alay Ini Buat Honda CBR Miliknya Tercebur Kolam Renang]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenguk Korban Teror, Aksi Jacinda Ardern Berkerudung dan Ucapkan Salam Viral

Posted: 01 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jacinda Ardern kembali menjadi pusat perhatian publik. Aksi Perdana Menteri Selandia Baru ini dalam pemulihan peristiwa kelam aksi teroris selalu dipuji publik.

Insiden penembakan dua masjid di Kota Christchurch yang terjadi Jumat lalu (15/3/2019) adalah pertama kalinya dalam sejarah negara Selandia Baru. Di mana otoritas lokal menyebutnya sebagai 'tindakan kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya'.

Kebrutalan pelaku teror bahkan disiarkan langsung di media sosial. Sejauh ini, korban tewas penembakan menjadi 50 orang, di mana salah satunya adalah warga negara Indonesia.

Usai teror Christchurch, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengimbau perlawanan global pada rasisme. Karena insiden penembakan para jamaah masjid tersebut, Jacinda Ardern menjadi sorotan publik berkat ketegasannya mengutuk aksi teror di negaranya. Tak ayal jika PM Jacinda Ardern dilihat sebagai figur pemimpin dengan rasa empati tinggi.

Dalam pernyataanya Jacinda Ardern sempat menyatakan sebuah kalimat yang membela umat muslim di negaranya. Yang bahkan telah dikutip oleh banyak warganet, termasuk Hillary Clinton, mantan kandidat Presiden Amerika Serikat. Selain ketegasannya mengutuk aksi teror, PM Jacinda Ardern juga banyak dipuji karena kesederhanaannya sebagai Perdana Menteri Selandia Baru termuda dalam 150 tahun.

Namun, baru-baru ini di media sosial kembali viral tentang Jacinda Ardern yang menjenguk korban teror dengan berkerudung serta mengucapkan 'assalamualaikum'. Momen itu Liputan6.com kutip dari akun Twitter @_SJPeace_, Selasa (2/4/2019).

Berkerudung dan Ucapkan Salam

 

Kunjungan PM Selandia Baru yang menjenguk korban teror dengan berkerudung dan mengucapkan salam ini pertama kali diunggah oleh akun Twitter @_SJPeace_. Dalam video yang diunggah pada Senin (1/4/2019) itu telihat Jacinda Ardern memasuki sebuah ruangan di rumah sakit dengan memakai kerudung berwarna hitam yang menutupi sebagian rambutnya.

"Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengunjungi seorang pria yang terluka parah dalam penembakan di Masjid Selandia Baru. Dia masuk menggunakan salam Muslim As-salāmu ʿalaykum 'Salam bagimu' dengan kerudung di kepalanya. SEPERTI INI SEHARUSNYA SEORANG PEMIMPIN," tulis pengguna akun Twitter tersebut.

Jacinda Ardern memasuki ruangan tersebut sembari mengucapkan salam dengan senyuman ramah yang terpancar dari wajahnya. Jacinda Ardern langsung menyalami korban tersebut sembari menanyakan kondisi, serta ia juga terlihat untuk memberikan motivasi kepada korban tersebut.

Hadir di Tengah Isak Tangis Korban Penembakan

Empati yang ditunjukkan oleh Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern bukanlah pertama kali ia lakukan. Minggu (17/3/2019) beberapa saat setelah kejadian penembakan, Jacinda Ardern terlihat menyapa, berbincang, dan memeluk para pelayat di Masjid Kilbernie di Wellington. Perempuan 38 tahun tersebut hadir di tengah isak tangis dan wajah-wajah tak kuasa menahan perih.

Di kesempatan yang sama, ibu satu anak itu terlihat ikut membaringkan bunga sebagai tanda simpati pada korban penembakan di dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru. Waktu itu ia terlihat memakai long sleeve dress berwarna navy yang dipadu stocking hitam.

Boots hitam tampak senada dengan kerudung yang disampirkan. Membawa buket, di sebuah video yang dimuat laman globalnews.ca, PM Selandia Baru itu terlihat menggandeng seorang ibu yang tengah menggendong bocah lelaki.

Jacinda Ardern sempat berpidato di depan para muslim di Christchurch dan mengatakan bahwa Selandia Baru bersatu dalam duka. Ia juga menuturkan, dukungan yang diperlihatkan sekarang adalah wajah sesungguhnya dari Selandia Baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kata Sutradara, Ini Sebab Avenger Endgame Berdurasi 3 Jam

Posted: 01 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Avenger Endgame jadi film Marvel dengan durasi terlama. Ini pernyataan sutradara terkait penyebab lamanya durasi film.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: