Sabtu, 06 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


4 Beda Teman Biasa vs Teman Dekat Ini Bikin Gemas, Kamu yang Mana?

Posted: 06 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang teman ataupun sahabat tentu saja sangat menyenangkan. Bahkan saat kamu bercerita mengenai suatu hal, para sahabat tak sungkan untuk memberikan jawaban yang jujur dan juga frontal. Tentu saja karena sudah ada kedekatan yang cukup erat antara kamu dan juga sahabat kamu.

Berbeda dengan teman biasa yang tak terlalu dekat. Mereka tidak akan menggunakan kata-kata yang frontal. Karena bisa saja pertemanan kamu akan menjadi canggung. Apalagi jika kamu tak benar-benar tahu sifat yang dimiliki temanmu. Berbeda dengan teman dekat atau sahabat yang telah tahu sifat dan kebiasaan kamu. Mereka akan cenderung membicarakan sesuatu dengan bercanda.

Namun tak jarang pula membahas mengenai hal serius. Apalagi jika kamu sedang dihadapkan oleh suatu masalah. Para sahabat tentu akan membantu kamu. Bedanya teman biasa vs teman dekat ini juga ditulis di akun Instagram @koplak.ngakak. Bahkan kamu mungkin pernah merasakan juga seperti yang ada pada unggahan akun tersebut.

Bedanya teman biasa dan teman dekat ini juga bisa bikin kesal sendiri loh. Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @koplak.ngakak, Minggu (7/4/2019), berikut ini bedanya teman bisa dan teman dekat yang bisa bikin kamu kesal sekaligus gemas.

 

1. Pertanyaan yang tak berfaedah ini

Beda teman biasa dan teman dekat (Sumber: Instagram/koplak.ngakak)

2. Ini nih kadang kelewat jujur bikin nyesek

Beda teman biasa dan teman dekat (Sumber: Instagram/koplak.ngakak)

3. Kelakuan siapa yang kaya gini

Beda teman biasa dan teman dekat (Sumber: Instagram/koplak.ngakak)

4. Yang sering piket di sekolah pasti pernah ngerasain nih

Beda teman biasa dan teman dekat (Sumber: Instagram/koplak.ngakak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Boleh Masuk Inggris, Abramovich Bakal Jual Chelsea?

Posted: 06 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - CEO Chelsea, Bruce Buck yakin Roman Abramovich takkan menjual Chelsea dalam waktu dekat. Buck percaya pengusaha asal Rusia itu masih cinta pada The Blues.

Abramovich tak terlihat di Stamford Bridge sejak Mei 2018. Ia dilarang masuk Inggris karena masalah visa.

Abramovich pun kabarnya tak mau lagi membayar tiket untuk kursi VIP di Stamford Bridge saat ini. Sehingga rumor Abramovich bakal melepas Chelsea semakin mencuat.

"Semua yang ia kerjakan adalah bentuk komitmennya pada Chelsea. Dia masih berbicara dengan pemain dan juga sponsor," ujar Buck seperti dilansir Evening Standard.

"Dia juga selalu menghubungi kami beberapa kali sehari. Jadi saya yakin dia takkan pergi dari Chelsea," katanya menambahkan.

 

 

Bantu Kampanye

Fans Chelsea menggunakan topi Santa Klaus menyambut Natal saat laga timnya melawan Southampton pada laga Premier League di Stamford Bridge, London, (16/12/2017). Chelsea menang 1-0. (AP/Tim Ireland)

Buck bahkan mengungkapkan Abramovich punya peran besar dalam kampanye anti-semit yang digalang Chelsea belum lama ini.

"Ya, dia sangat fokus untuk menyukseskan kampanye itu. Dia tidak mau fans Chelsea berbuat yang tidak sesuai peraturan," kata Buck.

"Suporter Chelsea sangat beragam dan kami ingin semangat anti-semit dan anti-rasis terus digaungkan."

Jadwal

Perayaan gol pertama Chelsea yang dicetak Olivier Giroud pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Stamford Bridge, London, Kamis (4/4). Chelsea menang 3-0 atas Brighton Albion. (AFP/Glyn Kirk)

Jadwal Liga Inggris:

Minggu (7/4/2019)

20.05 WIB Everton Vs Arsenal

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tatap Final Piala Presiden 2019, Arema FC Andalkan Kekompakan

Posted: 06 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Arema FC antusias menatap laga final Piala Presiden 2019. Di partai puncak turnamen yang disiarkan di Indosiar ini, Tim Singo Edan akan berhadapan dengan Persebaya Surabaya.

Laga final sendiri akan digelar dengan sistem kandang-tandang. Arema FC akan terlebih dahulu menjadi tamu Persebaya pada 9 April, sebelum jadi tuan rumah tiga hari kemudian.

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, menyebut pasukannya punya modal khusus jelang dua laga final Piala Presiden 2019 lawan Persebaya. Pelatih asal Bosnia itu mengatakan, kekompakan jadi modal andalan untuk tampil sebagai juara Piala Presiden 2019.

"Kami tim yang kompak, saya lihat makin hari tim kami makin kompak, kami tak cuma kompak dalam bertahan, tapi juga saat menyerang," kata pelatih yang akrab disapa Milo itu seperti dikutip dari situs Wearearemania.

Arema FC memang menampilkan kekompakan luar biasa sebelum mencapai final Piala Presiden 2019. Mereka bertahan dan menyerang dengan kompak, melibatkan semua posisi.

"Tak hanya bermain zona, kita tahu bagaimana melakukan covering, dan kami sangat membahayakan ketika memegang bola," ujar Milo, 54 tahun lagi.

Apresiasi Milo

Pelatih Arema FC, Milomir Seslija, mengamati anak asuhnya saat latihan di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (29/3). Latihan ini persiapan jelang perempat final Piala Presiden 2019 melawan Bhayangkara FC. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Milo pun mengapresiasi pasukannya. Milo menyebut, Hanif Sjahbandi dan kawan-kawan sudah bekerja keras dalam berlatih dan bertanding.

Sebab, kata dia, tidak mudah bermain dengan kekompakan seperti itu.

"Apalagi kami mengalami banyak masalah dalam persiapan, termasuk pemain yang terkendala cedera, tapi terimakasih seluruh pemain yang sudah kerja keras demi mencatatkan sejarah di Piala Presiden ini," ujarnya.

 

Produktif

Arema FC sendiri tampil menjadi tim yang paling produktif. Dalam enam laga sebelum sampai ke final, mereka total mencetak 19 gol.

Bahkan, di dua laga semifinal lawan Kalteng Putra, Arema FC sukses menang dengan skor yang sama besar, 3-0, di dua laga.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angkasa Pura I Gandeng TWC Dukung Operasional Bandara Baru Yogyakarta

Posted: 06 Apr 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) menggandeng PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) (TWC) untuk mendukung operasional Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo sekaligus guna mengembangkan 10 destinasi pariwisata prioritas.

Bentuk sinergi kedua BUMN tersebut antara lain berupa pembuatan materi kampanye wisata Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar), mengingat tiga daerah ini merupakan magnet utama dan destinasi prioritas dengan ikon Candi Borobudur.

"Angkasa Pura I memiliki bandara dan di sisi lain TWC mempunyai konten wisata, sehingga kami melakukan sinergi membangun potensi bersama untuk menarik lebih banyak wisatawan. Konsep kolaborasi ini meliputi pusat informasi pariwisata (tourism information centre) bersama, joint promotion road trip, dan joint merchandising.

Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo memiliki beberapa 'branding spot' potensial yang bisa dimanfaatkan oleh TWC untuk mempromosikan potensi wisata," ujar Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji.

Direktur Utama TWC Edy Setijono menjelaskan, Joglosemar merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Joglosemar juga merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang mengikuti paket wisata 'overland' Jawa-Bali dan wisawatan kapal pesiar yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Namun, saat ini masalah aksesibilitas masih menjadi masalah utama untuk mencapai target dua juta wisatawan mancanegara di tahun 2019," kata Edy.

Edy optimistis dengan beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta yang nantinya akan menjadi salah satu bandara terbesar di Indonesia akan menjadi pintu masuk baru bagi wisatawan mancanegara maupun domestik untuk menjangkau wilayah Joglosemar.

 

Beroperasi akhir April

Ilustrasi Bandara Ternyaman (sumber: unsplash)

Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini telah mencapai 90 persen untuk tahap operasional terminal internasional. Sedangkan untuk operasional penuh, progres pembangunan telah mencapai 45 persen.

Pada pengoperasian terminal internasional, Bandara Internasional Yogyakarta akan melayani enam penerbangan internasional per hari yang dialihkan dari Bandara Adisutjipto.

"Penerbangan internasional ditargetkan dapat beroperasi pada akhir April 2019. Rinciannya dua penerbangan dari dan ke Singapura serta empat penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur," imbuh Devy.

Bandara Internasional Yogyakarta ditargetkan mulai beroperasi secara penuh pada akhir tahun ini. Dengan luas terminal 210 ribu meter persegi dan panjang landas pacu 3.250 x 45 meter, bandara ini nantinya mampu mengakomodir pendaratan pesawat berbadan lebar (wide body). Bandara ini memiliki kapasitas 14 juta penumpang per tahun, 9 kali lipat dari kapasitas Bandara Adisutjipto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Khas Banyumas yang Dijamin Bikin Ngiler

Posted: 06 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bila bepergian ke luar kota, rasanya tak lengkap kalau tidak berwisata kuliner. Banyumas, salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan ibu kota Purwokerto ini menyimpan kekayaan makanan khas daerah yang luar biasa.

Tak hanya makanan berat, camilan pun patut dicoba bila datang ke daerah yang punya dialek khas ini. Banyak tempat wisata, pasar, serta sentra oleh-oleh yang menyediakan makanan khas Banyumas di pinggir-pinggir jalan.

Berikut enam makanan khas Banyumas yang dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja?

1. Soto Sokaraja

Seperti namanya, soto ini khas dari daerah Sokaraja di Puwokerto. Soto berisi ayam atau daging, ketupat, sohun, dan kecambah kedelai atau kacang hijau.

Di atasnya ditaburi daun bawang dan kerupuk berwarna pink. Guyuran kuah kaldu sapi dan ayam yang gurih serta sambal kacang pedas menjadi ciri khas soto ini.

2. Klanting

Klanting bentuknya seperti anting-anting. Bulat, berwarna putih, renyah, dan gurih. Terbuat dari singkong yang dikukus. Singkong diberi bumbu ketumbar, bawang, dan garam.

Tinggal dibentuk bulat-bulat seperti anting dan digoreng sampai renyah. Kuliner khas Banyumas ini siap untuk dijadikan camilan sambil bersantai ria bersama teman atau keluarga.

3. Tempe Mendoan

(www.sarihusada.co.id)

Siapa tak kenal mendoan? Tempe khas Banyumas dengan ciri tempe yang lebar dan digoreng setengah matang ini sudah banyak dikenal dan dijual di banyak daerah di Indonesia. Mendoan biasa dimakan bersama cabai sebagai camilan atau pendamping makan nasi. Sebaiknya tempe mendoan selagi hangat dengan teman teh atau kopi.

4. Nopia

Selain gethuk, camilan manis lainnya khas Banyumas adalah kue nopia. Bagian luaranya berwarna putih dengan isi gula merah. Pecinta makanan manis pastinya akan suka dengan camilan ini.

Pembuatannya pun terbilang unik. Adonan dibuat bulat, lalu ditempelkan ke gentong yang terbuat dari tanah liat yang dibakar di atas kayu.

5. Gethuk Goreng

Gethuk goreng di Banyumas diburu para pemudik.

Di jalanan Purwokerto, banyak dijajakan gethuk goreng di sentra oleh-oleh. Camilan manis ini terbuat dari campuran singkong kukus, gula jawa yang dipotong kecil-kecil, sedikit garam, dan tepung terigu.

Zaman dahulu, orang Banyumas menggunakan alat tumbuk dari kayu yang disebut Alu dan Lumpang. Setelah semua tercampur, adonan dibentuk lonjong kecil. Lalu, selimuti dengan terigu dan digoreng.

6. Keripik Tempe

Camilan ini adalah versi renyah dari mendoan. Bila mendoan digoreng setengah matang, keripik tempe digoreng sampai matang dan kering.

Proses pembuatan keripik tempe adalah digoreng setengah jadi, lalu diangkat. Tempe setengah matang itu kemudian dikenal dengan mendoan. Untuk jadi keripik tempe, tempe didiamkan sebentar. Barulah digoreng kembali hingga renyah.(Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhirnya Luna Maya Bertemu dengan Syahrini, Tapi...

Posted: 06 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Luna Maya masih berhubungan baik dengan Syahrini. Saat bertemu di sebuah program televisi, Luna Maya masih menyapa dan bersenda gurau dengan Syahrini.

Bahkan, Luna Maya juga mengucapkan selamat kepada Syahrini atas pernikahannnya dengan Reino Barack. Tak sampai disitu, Luna Maya bahkan menggenggam erat jemari Syahrini sepanjang pertemuan bersejarah tersebut.

Namun, pertemuan dan ucapan selamat yang disampaikan Luna Maya itu ternyata disampaikan kepada Syahrini palsu.

Mantan kekasih Ariel NOAH itu ternyata bertemu dengan Rina Nose yang berperan sebagai Syahrini.

 

Viral di Media Sosial

Luna Maya dan Syahrini KW yang diperankan Rina Nose (Instagram)

Video pertemuan dua artis yang dikabarkan berseteru itu langsung beredar di sosial media dan menarik perhatian warganet.

Dalam cuplikan video yang beredar Luna Maya nampak menyapa hangat Incess KW di atas panggung dengan cipika cipiki.

"Halo, apa kabar," kata Luna Maya kepada Rina Nose.

 

Diledek Raffi Ahmad

Luna Maya, Raffi Ahmad, Nagita Slavina (Vidio.com)

Melihat momen tersebut, Raffi Ahmad meledek Luna telah bersilaturahmi dengan Inces sebutan Syahrini.

"Wow, wow, silaturahmi yang sangat baik yang dijalin antara Luna Maya dan Inces," kata Raffi Ahmad. (Dream.co.id/ Amrikh Palupi)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lautan Massa Prabowo-Sandiaga di GBK

Posted: 06 Apr 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lautan massa mayoritas berbaju putih memadati stadion GBK dalam rangka kampanye akbar pasangan capres cawapres Prabowo-Sandiaga Uno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Akhir Musim, Kevin De Bruyne Mulai Kehabisan Bensin

Posted: 06 Apr 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne mengakui bahwa hantaman cedera telah membuatnya lebih lelah di akhir musim. Pemain asal Belgia itu juga merasa gagal memberikan permainan terbaiknya karena lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Beberapa pekan terakhir, Kevin De Bruyne mulai kembali bermain. Dia memang belum mencapai titik terbaik permainannya, tetapi setidaknya kembalinya pemain asal Belgia itu akan sangat membantu Man City dalam pemburuan quadruple musim ini.

Manchester City masih terlibat di tiga kompetisi sisa. Mereka sudah menjuarai Carabao Cup, dan masih berpeluang menambah tiga trofi lain di FA Cup, Premier League, dan Liga Champions. De Bruyne ingin memberikan permainan terbaiknya di momen-momen krusial ini.

Soal cederanya, Kevin De Bruyne tidak lagi terlalu peduli. Dia menegaskan bahwa musim telah memasuki momen paling krusial. De Bruyne ingin melakukan yang terbaik dengan membantu tim sebisa mungkin, bahkan jika kondisinya tidak maksimal.

"Sekarang adalah momen yang penting, saya hanya perlu melakukan yang bisa saya lakukan untuk membantu tim meraih kemenangan. Jika itu berarti memainkan lima pertandingan atau 10 pertandingan, saya akan melakukan semuanya," tegas De Bruyne di Sky Sports.

"Saya terkadang merasa musim saya dua kali lebih panjang daripada pemain-pemain lain, sebab ketika anda ingin bermain, anda harus bekerja dua kali lebih berat, anda tidak pernah berlibur karena anda harus berusaha memulihkan diri."

Terus Melaju

Selebrasi gol pertama Manchester City yang dicetak Kevin de Bruyne pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Kamis (4/4). Manchester City menang 2-0 atas Cardiff City. (AFP/Oli Scarff)

Lebih lanjut, De Bruyne menilai sisa laga Man City di semua kompetisi musim ini seperti laga final. Tantangan itu membuat skuat Man City kian bersemangat, dan mungkin saja Man City gagal menjuarai ketiganya. Biar begitu, De Bruyne menilai keberhasilan Man City berada di posisi saat ini sudah merupakan prestasi.

"Ini seperti 12 atau 13 pertandingan cup. Ini membuat segalanya lebih menarik. Di akhir nanti mungkin saja kami kehilangan semuanya tetapi setidaknya kami berada di tahap ini."

"Segalanya berjalan luar biasa, jadi kami hanya perlu terus melaju. Mencoba menang dan mungkin mencapai final lainnya," ucap De Bruyne.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye di GBK, Prabowo Janji Buktikan Pernyataannya Soal Kondisi BUMN yang Buruk

Posted: 06 Apr 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto kembali menyinggung perusahaan-perusahaan negara yang ia anggap berada di kondisi tidak baik. Misalnya saja ia menyinggung maskapai pelat merah, Garuda Indonesia.

Meski tidak mengatakan secara tegas kondisi sulit yang dimaksud, capres nomor urut 02 itu secara satir meyakini kondisi Garuda Indonesia tidak dalam keadaan baik akibat praktik korupsi. Hanya saja, kata Prabowo, jika ada pernyataaan seperti itu langsung disanggah pihak lawan yang mempertanyakan bukti.

"Perusahaan Garuda minta ampun, sesungguhnya perusahaan-perusahaan negara kita yang, mau dibilang apa yah nanti ada yang bilang mana buktinya," kata Prabowo di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

Ia bertekad bakal membuktikan pernyataannya jika terpilih menjadi orang nomor 1 di Republik Indonesia. Lebih lanjut, Prabowo berkomitmen pihak-pihak yang dianggap telah mencuri dari perusahaan-perusahaan, akan dipanggil untuk segera ditindaklanjuti.

"Insya Allah koalisi Indonesia Adil Makmur kita akan tindak lanjut bukti-bukti itu semua. Kita akan panggil koruptor-koruptor itu, kita akan minta tobat dan sadar kembalikanlah uang-uang yang kau curi," tukasnya.

Pernyataan Prabowo tentang perusahaan milik negara ada di titik mengkawatirkan bukan kali ini saja pernah dilontarkan. Saat pidato di acara Konsolidasi Koordinator TPS se-Provinsi DKI Jakarta, Prabowo menyebut badan usaha milik negara (BUMN) satu persatu mengalami kebangkrutan. Kehancuran itu diakibatkan pemerintah yang salah mengelola negara.

Awalnya, Prabowo bicara bahwa apa yang dilakukan rakyat pada 17 April menentukan masa depan bangsa.

"Apa yang kita lakukan tanggal 17 April menentukan kita untuk beberapa ratus tahun ke depan saudara-saudara sekalian," ujar Prabowo.

BUMN Bangkrut

Prabowo kemudian menyinggung soal bangkrutnya BUMN-BUMN. Bahkan, dia meminta masyarakat untuk bertanya langsung kepada BUMN seperti Garuda, Pertamina, dan PLN.

"Kita lihat sekarang BUMN-BUMN milik negara, milik rakyat, kebanggaan kita satu-satu hancur, satu-satu bangkrut. Tanya aja Garuda, pilot-pilot, tanya Pertamina, tanya PLN, tanya semua pabrik-pabrik milik negara. Saatnya rakyat merebut kembali kedaulatan negara," kata Prabowo.

Reporter: Yunita Amalia'

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Vs AC Milan 2-1, Gattuso: Kami Tak Pantas Kalah

Posted: 06 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus sukes menaklukkan AC Milan 2-1 di Allianz Stadium, Turin, dalam laga lanjutan kompetisi Liga Italia pekan ke-31, Minggu (7/4/2019) dini hari WIB. Pelatih I Rossoneri, Gennaro Gattuso, kecewa dengan hasil ini.

Menurut Gattuso, AC Milan tidak layak kalah dalam pertandingan tersebut. Tim tamu juga sempat unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol striker asal Polandia, Krzysztov Piatek.

Namun, Juventus mendapat hadiah penalti pada menit ke-60 setelah Mateo Musacchio menjatuhkan Paulo Dybala di dalam kotak penalti. Dybala sendiri yang menjadi algojo sekaligus menyamakan skor menjadi 1-1.

Kontroversi terjadi pada menit ke-35 saat bek I Bianconeri, Alex Sandro melakukan handball di kotak terlarang. Tapi, wasit Michael Fabbri setelah melihat tayangan ulang VAR berpendapat insiden itu tidak handball, meskipun rekaman video berkata lain.

"Saya tak mau mengomentari soal wasit, tapi kami tak pantas kalah di laga itu," ujar Gattuso, seperti dilansir laman resmi AC Milan.

Gol kemenangan Juventus dalam pertandingan ini dicetak winger muda mereka, Moise Kean. Gol Moise Kean lahir pada menit ke-84, yang sekaligus memastikan kekalahan Suso dan kawan-kawan.

Gattuso mengaku sangat menyesal atas kekalahan dari tim arahan Massimiliano Allegri. Dia menilai AC Milan bermain sangat baik pada pertandingan tersebut.

Sedikit Penyesalan

Penyerang Juventus, Paulo Dybala, melakukan selebrasi usai membobol gawang AC Milan pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (6/4). Juventus menang 2-1 atas AC Milan. (AP/Andrea Di Marco)

"Tentu ada sedikit penyesalan ketika tim tampil sebaik itu," ungkap mantan gelandang Timnas Italia dan AC Milan ini

Pelatih berusia 41 tahun ini berharap AC Milan bisa menunjukkan penampilan dengan kualitas serupa di tujuh laga tersisa Liga Italia musim ini. Sebab, mereka harus mengamankan posisi empat besar Liga Italia.

"Kami harus mencapai scudetto kami, yakni kualifikasi Liga Champions, dengan cara apapun," katanya.

Punya Harapan

"Kami masih punya harapan dan harus memperlihatkan banyak hal positif lagi di masa mendatang," beber Gattuso.

Akibat kekalahan itu, AC Milan sekarang tetap mengoleksi 52 poin, tapi posisi mereka terancam tergusur dari peringkat keempat jika Atalanta, yang mengumpulkan 51 poin mampu meraih kemenangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Pasca Pertandingan Bayern vs Dortmund, Die Roten Kuasai Puncak Klasemen

Posted: 06 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bermain di depan pendukungnya sendiri di Allianz Arena pada Sabtu (6/05/2019), Bayern Munchen mampu menghancurkan Borussia Dortmund dengan skor telak 5-0. Dalam laga yang bertajuk Derby Der Klassiker, Bayern Munchen cetak 5 gol melalui brace Robert Lewandowski, Mats Hummels, Javi Martinez dan Serge Gnabry.

Bayern Munchen tampil sangat menjanjikan pada pertandingan ini. Pada babak pertama saja, klub yang berjuluk The Bavarian ini sukses jebol gawang Dortmund 4 kali. Lalu di babak kedua menambah 1 gol yang membuat Dortmund makin menderita selepas pertandingan ini.

Bagi Die Borussen kekalahan ini sangat menyakitkan. Selain karena dihancurkan dengan 5 gol di laga Derby Der Klassiker, Dortmund juga turun peringkat setelah pertandingan ini. Kini posisi Dortmund di peringkat kedua setelah tersalip Bayern Munchen.

Bayern Munchen sekarang berada di posisi pertama dengan selisih 1 poin. Diprediksi dengan kemenangan ini akan menyetabilkan langkah Bayern Munchen untuk merengkuh gelar ke 29 di Bundesiga Jerman. Lebih lengkapnya, berikut Liputan6.com, Minggu (7/04/2019) rangkum dari berbagai sumber 5 fakta menarik pasca laga Munchen vs Dortmund.

Dortmund Hanya Catatkan 4 Tendangan Saja

Mats Hummels (AFP/Patrik Stollarz)

Bayern Munchen tampil menggila pada Derby Der Klassiker. Tidak tanggung-tanggung anak asuh Niko Kovac itu memberi pelajaran penting bagi Dortmund dengan mencetak 5 gol tanpa balas. Statistik terlihat tidak berimbang di antara kedua tim.

Munchen tercatat melepaskan 22 tendangan, sementara Dortmund hanya 4 tendangan saja. Rinciannya, tendangan yang mengarah gawang untuk Munchen ialah 10 tendangan sementara Dortmund hanya satu saja. Dari statistik tersebut terlihat Dortmund sangat tidak berdaya menghadapi Munchen.

Fakta unik lainnya ialah jumlah tendangan Dortmund yang hanya 4 tendangan saja, disamai dengan jumlah tendangan bek tengah Bayern Munchen yang mampu catatkan 4 tendangan. Hal ini makin membuktikan bahwa Dortmund tampil di bawah perfoma, sementara Munchen memang sedang bagus-bagusnya.

Rekor Javi Martinez

Gelandang Bayern Munchen, Javi Martinez dan Robert Lewandowski (AFP/Christof Stache)

Javi Martinez merupakan pemain Bayern Munchen yang berposisi sebagai gelandang tengah. Karena kemampuan bertahan yang baik, terkadang Javi Martinez juga ditempatkan sebagai bek tengah. Karena sering fokus di pertahanan, membuat Martinez dalam satu musim saat berseragam Munchen tidak pernah mencetak lebih dari 3 gol dalam satu musim.

Namun pada pertandingan kemarin, sumbangan satu golnya mampu membuat rekor baru bagi Javi Martinez. Martinez kini dalam satu musim berseragam Bayern Munchen mampu catatkan 4 gol. Musim ini pemain berusia 30 tahun tersebut mampu cetak gol ke gawang Hertha BSC, borussia monchengladbach dan Dortmund di Bundesliga. Sementara 1 gol lainnya dicetaknya di ajang Liga Champions ke gawang AEK Athens.

Rekor Robert Lewandowski

Robert Lewandowski (Bayern Munchen) - 8 gol (AFP/Mathias Balk)

Bukan hanya Javi Martinez saja yang catatkan rekor pribadi pasca laga lawan Dortmund, penyerang berkebangsaan Polandia yakni Robert Lewandowski pun juga mampu catatkan rekor. Dengan sepasang golnya, mengukuhkan namanya sebagai pemain yang mampu cetak 14 gol di Derby Der Klassiker dengan rincian 13 gol saat berseragam Munchen dan 1 gol saat berseragam Dortmund.

Selain rekor tersebut, Lewandowski juga catatkan namanya menjadi pemain yang mampu cetak 200 gol di Bundesliga. Catatan impresif ini mampu Lewandowski lakukan dengan jumlah pertandingan 284 pertandinga. Hanya kalah dari Gerd Muller yang mampu catatkan 200 gol dalam 234 pertandingan.

Dengan sumbangan sepasang golnya, Lewandowski kini menjadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang mampu catatkan gol di 5 pertandingan beruntun saat melawan mantan klub. Kini Lewandowski di Bundesliga sudah mengemas 21 gol dan menjadi top skor sementara. Penampilan apiknya saat kalahkan Dortmund juga membuat Lewandowski mendapatkan man of the match pertandingan.

Marco Reus Terisolir

Kapten Borussia Dortmund, Marco Reus (AFP/Guido Kirchner)

Dortmund hanya memakai satu striker saat melawan Bayern Munchen. Striker tersebut ialah kapten Borussia Dortmund, Marco Reus. Seperti diketahui Marco Reus adalah top skor Dortmund dengan torehan 19 gol dan 10 assist. Melihat statistik tersebut, membuat Reus harusnya memiliki banyak tendangan ke gawang Munchen. 

Namun faktanya Reus gagal catatkan satu tendangan pun ke kiper Munchen Manuel Neuer. Tendangan Dortmund malah dicatatkan oleh gelandang-gelandang mereka. Reus sukses dikawal Hummels. Pergerakannya jadi tidak efektif dan terkesan terisolir kurang dukungan oleh gelandang Dortmund. Dengan hasil ini, Reus pun mengakui bahwa Munchen layak menang

Rekor Pertemuan Derby Der Klassiker

Bayern Munchen (AFP/Guenter Schiffmann)

Derby Der Klassiker sudah pernah dihelat sebanyak 122 pertandingan. Rivalitas Bayen Munchen dan Dortmund memang sudah panas dari dulu hingga sekarang. Dengan hasil kemenangan Bayern Munchen, kini rekor pertemuan keduanya ialah 59 kali kemenangan untuk Munchen, 33 kali menang Dortmund dan seri sebanyak 30 kali.

Bahkan setelah laga ini, persaingan keduanya masih berlanjut di Bundesliga. Seperti diketahui, Dortmund hanya tertinggal 1 poin saja dari Munchen yang berada di peringkat pertama. Dengan hanya menyisakan sisa 6 laga lagi, konsistensi keduanya diperlukan. Siapa yang terpeleset, siap-siap saja kehilangan gelar Bundesliga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY Batal Hadiri Kampanye Prabowo-Sandi di GBK

Posted: 06 Apr 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono batal menghadiri kampanye akbar pasangan calon nomer urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Panglima Koordinator Pemenangan Partai Demokrat Wilayah Barat, Nahrowi Ramli mengatakan rencananya AHY akan hadir seperti kampanye akbar sebelumnya di Lapangan Sidolig, Jawa Barat, Minggu (7/4/2019).

Nahrowi menjelaskan AHY tidak hadir lantaran kondisi kurang sehat. Dia menjelaskan beberapa hari yang lalu putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono tersebut melakukan safari politik ke wilayah pulau Jawa.

"Baru tadi malam pulang dari luar kota, terus ada kegiatan lagi jadi kondisinya boleh dibilang kurang sehat," kata Nahrowi usai menghadiri kampanye di Lapangan GBK, Senayan, Jakarta Barat, Minggu (7/4/2019).

Dia mengklaim sebenarnya AHY sudah siap untuk hadir. Tetapi karena ada kendala satu dan lain hal sehingga batal hadir.

"Kesibukan tinggi dan tadinya sudah siap kesini. gitu," ungkap Nara.

Sebelumnya, di Bandung AHY sempat menghadiri kampanye akbar di Lapangan Sidolig, Jawa Barat. Dalam orasinya AHY yakin kalau Prabowo-Sandi bisa jadi presiden yang menjalankan 14 prioritas partai demokrat dan mensejahterakan rakyat.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orasi Saat Kampanye, Prabowo Tirukan Pemimpin Indonesia yang Bagi-Bagi Kartu

Posted: 06 Apr 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prabowo Subianto menirukan seorang tokoh pemimpin Indonesia saat kampanye di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019).

"Kalian ingin dengar pemimpin politik Indonesia memberi sambutan?," tanya Prabowo kepada pendukungnya.

Hal ini dilakukan Prabowo agar orasinya menjadi lebih segar dengan disisipi guyonan.

"Kalau terlalu serius, kalian ngantuk. Betul?" kata Prabowo, dijawab betul oleh pendukungnya.

Kemudian, Prabowo mulai berbicara mengikuti cara bicara salah satu pemimpin di Indonesia. Dengan suara yang dibesar-besarkan, dan berusaha mengikuti gaya tokoh tersebut.

"Saudara-saudara ekonomi indonesia baik, pertumbuhan lima persen," tutur Prabowo mengikuti tokoh tersebut.

"5 persen endasmu," kata dia.

"Saudara-saudara sekalian harga-harga terkendali, kemiskininan menurun," tiru Prabowo lagi.

"Menurun dari kakek ke cucu," kata dia.

"Kita membangun banyak infrastruktur, nanti rakyat akan kita bagi kartu-kartu," kata Prabowo.

"Bung kita butuh pekerjaan bukan kartu. Betul? Betul? Bagaimana mau lanjut atau tidak? Benar? Ini banyak ustaz mereka mau kasih tausiah kepada kalian," kata Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hidayat: Jangan Golput, Jangan Mubadzirkan Potensi Kebaikan

Posted: 06 Apr 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepentingan umat Islam di dalam konteks demokrasi hanya dapat dimenangkan jika umat tidak mengabaikan partisipasi sekecil apapun di dalamnya. Karena itu, umat Islam tidak boleh Golput.

Demikian ditegaskan Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (6/4/2019).

"Jangan pernah abaikan meski hanya 1 atau 2 suara. Jangan pernah memubadzirkan potensi kebaikan sekecil apapun," tandas Hidayat.

Apalagi, tambah Hidayat, peran umat Islam di dalam lahir dan tegaknya NKRI juga tak bisa disangkal lagi. Sejarah mencatat peran para ulama, cendekiawan dan pejuang Islam di dalam proses kemerdekaan Republik Indoneisa.

"Perjanjian Linggarjati mengubah Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat, namun seorang ulama, Ketua fraksi sebuah partai Islam saat itu, melalui mosi yang kemudian dikenal sebagai Mosi Integral Natsir, mengembalikan bentuk negara Indonesia kembali menjadi NKRI," papar Hidayat.

Karena itu, lanjut Hidayat, jika Bung Karno mengingatkan untuk Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah (Jas Merah), maka penting pula untuk Jas Hijau.

"Saya populerkan istilah Jas Hijau yang maksudnya adalah Jangan Sekali-kali Hilangkan Jasa Ulama ini agar umat Islam sadar bahwa NKRI lahir dan tegak dengan peran umat Islam di dalamnya. Dan sudah sewajarnyalah jika kini umat juga merawat dan menjaganya," tandas Hidayat.

Salah satu cara merawat NKRI itu, imbuh Hidayat, adalah dengan menggunakan hak pilih sebagai bagian dari kedaulatan rakyat yang dijamin dalam UUD NRI 1945.

"Kedaulatan ada di tangan anda semua. Satu suara anda dapat menghadirkan Presiden, anggota DPR, anggota DPRD dan DPD yang unggulan," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Belu NTT, Warga Diimbau Tenang

Posted: 06 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa tektonik dengan kekuatan magnitudo 5,2, melanda Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), wilayah yang berbatasan darat dengan negara Timor leste.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 09.18.20 WIB dan dirasakan di wilayah Kota Kefamenanu, ibukota Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) pada II-III MMI, kata Kepala BMKG Kampung Baru Kupang, Robert Owen Wahyu, di Kupang, Minggu melalui pesan WhatsApp.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9, dilansir Antara.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,6 LS dan 124,77 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah barat Kota Atambua, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, pada kedalaman 54 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Kabupaten Belu ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar turun atau Normal Fault.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Kefamenanu II-III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 09.45 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seungri Diprediksi Bakal Dihukum 2-3 Tahun Penjara

Posted: 06 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus Seungri masih menjadi perbincangan yang hangat di dunia hiburan Korea. Seperti yang diketahui, pria tersebut diduga terlibat banyak skandal, dari kasus prostitusi hingga obat terlarang.

Walaupun banyak kasus yang ditujukan kepadanya, sampai sekarang pihak kepolisian belum menangkap Seungri. Selama ini, mantan Idol tersebut masih menjalani sederet pemeriksaan.

Lewat sebuah acara televisi, seorang pengacara memberikan pendapatnya mengenai kasus itu. Ia memberikan dugaan kalau Seungri hanya akan menjalani hukuman 2-3 tahun atas kasus-kasus tersebut.

Dunia hiburan Korea Selatan sekarang ini memang tengah ramai dengan skandal kasus hukum yang muncul di permukaan. Nama Seungri mantan member Big Bang adalah yang paling sering dibahas dan begitu menyita perhatian.

Tak hanya satu, Seungri terlibat dalam banyak kasus dan dugaan lainnya. Pria ini dikabarkan terlibat dalam menyediakan jasa prostitusi. Selain itu, ia juga diduga menyalahgunakan narkoba.

Nama Seungri juga ikut terseret kasus kelab malam Burning Sun. Tak sampai di situ saja, Seungri juga berada di dalam grup chat mesum Jung Joon Young.

Meski terlibat banyak sekali kasus hukum, seorang pengacara bernama Kim Kwang Sam menilai kalau hukuman yang akan diterima Seungri tidak akan lama.

 

Kasus Seungri

Dalam sebuah wawancara belum lama ini, ia mengaku pernah melakukan investasi yang sebenarnya tak ia kuasai. Seungri hanya percaya dengan rekannya dan mengiventasikan sejumlah uang. (Foto: instagram.com/seungriseyo)

Pada hari Jumat (5/4) kemarin, Entertainment Relay yang merupakan program dari stasiun televisi KBS menghadirkan pengacara tersebut membahas soal Seungri. Ia memberikan dugaan kalau Seungri hanya akan mendapat hukuman 2-3 tahun masa tahanan.

"Meskipun dia saat ini didakwa dengan setidaknya 4 kasus hukum, kasus-kasus ini bukan kejahatan yang menerima hukuman panjang. Bahkan jika dia diberi hukuman, itu akan menjadi 2-3 tahun, dan ada kemungkinan dia akan bisa mendapatkan masa percobaan sebagai gantinya," ungkapnya.

 

Menggelapkan Barang Bukti

Kepopulerannya sebagai seorang idol pun membawa keuntungan dan kerugian. Menurutnya dengan menjadi seorang selebriti, ia tak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk promosi. (Foto: instagram.com/seungriseyo)

Belum lama ini dari kasus grup chat mesum Jung Joon Young terungkap bahwa Seungri sempat mengajak rekannya yang lain untuk mengganti ponsel mereka. Hal tersebut termasuk dalam tindakan menggelapkan barang bukti.

"Selama penyelidikan polisi, berbagai kebohongan telah terungkap. Memberitahu orang lain untuk mengatur ulang ponsel mereka atau menghancurkan bukti akan berdampak besar pada hukuman," pungkas pengacara Kim Kwang Sam.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal Tak Terduga yang Terjadi pada Orang Kesepian

Posted: 06 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki banyak teman bukan berarti seseorang merasa kesepian. Bisa saja dia sering berada di tengah keramaian bersama teman-teman tapi merasa kesepian. 

Ada kalanya seseorang juga merasa ragu, apakah dirinya tengah kesepian atau tidak. Melansir dari Bustle, Minggu (7/4/2019) berikut beberapa ciri yang tidak disangka-sangka sering terjadi pada orang yang kesepian:

1. Banyak belanja

Sebuah penelitian dari The University of Chicago Press, menemukan bahwa orang yang kesepian sering kali memiliki keinginan kuat untuk mengumpulkan harta dan berfokus pada hal-hal materi. Hal ini dilakukannya untuk 'mengisi kekosongan' dalam kegiatan mereka sehari-hari.

Rik Pieters, penulis studi tersebut, menunjukkan bahwa orang-orang kesepian seringkali mencari kebahagaiaan lewat hal-hal materi yang mereka dapatkan.

 

2. Kerap maraton nonton film

ilustrasi (pixabay)

Sebuah studi 2015 dari University of Texas, Amerika Serikat, menemukan bahwa ada hubungan antara perasaan kesepian dan kecenderungan seseorang untuk menonton film. Para peneliti menjelaskan bahwa seseorang menonton film secara terus-menerus untuk mengalihkannya dari kesepian atau depresi yang dirasakan.

3. Pilek/flu yang berlebihan

Menurut studi dari University of California, Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, sistem kekebalan akan berkurang akibat rasa kesepian. Hal ini juga menjadi masalah kesehatan yang mencolok akibat merasa kesepian.

 

 

 

4. Memiliki teman yang suka mengeluh

Menurut sebuah studi tahun 2010 berjudul Alone in the Crowd, kesepian itu 'menular. Jika seseorang memiliki teman yang suka mengeluh karena kesepian, dia mungkin akan mengalami perasaan kesepian juga.

5. Merasakan gejala depresi

Sebuah penelitian tahun 2006 berjudul Loneliness as a Specific Risk Factor for Depressive Symptoms menemukan kesepian dan depresi cenderung hidup berdampingan, dan kesepian itu disebut pemicu utama dari depresi.

Jika tanda-tanda di atas menggambarkan diri Anda atau kerabat dekat, tak ada salahnya sedikit membuka diri ke orang lain yang Anda percayai. Bisa teman dekat atau keluarga. 

 

 

Penulis: Dara Elizabeth

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi, Lionel Messi Cetak Rekor di La Liga

Posted: 06 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi tak pernah berhenti untuk pencetak rekor di La Liga Spanyol. Ini bukan soal rekor golnya yang tak pernah berhenti.

Messi memang mencetak satu gol saat Barcelona kalahkan Atletico Madrid 2-0. Namun bukan gol rekor yang dipecahkannya, tapi rekor jumlah kemenangan yang didapatkannya bersama Barcelona.

Lionel Messi saat ini tercatat sudah melewati Iker Casillas dalam hal jumlah kemenangan di Liga Spanyol. Kemenangan lawan Atletico genap membuat Messi raih total 335 kemenangan di Liga Spanyol.

Jumlah ini melewati rekor Casillas yang cetak 334 kemenangan bersama Real Madrid. Messi menjadi pemain paling banyak menang di La Liga.

Lionel Messi hanya membutuhkan 447 laga untuk mencetak reko tersebut. Ini lebih banyak ketimbang Iker Casillas, 510 pertandingan.

 

Sepatu Emas

Pemain Barcelona rayakan gol yang diciptakan Lionel Messi (Lluis Gene/AFP)

Saat ini, Messi juga unggul dalam perburuan sepatu emas. Dia menjadi pemain paling tajam seantero Eropa dengan 33 gol.

Di Liga Spanyol, dia unggul 13 gol dari rekannya sendiri Luis Suarez. Gol lawan Atletico Madrid menjadi golnya yang ke-10 dalam enam pertandingan terakhir.

Ini menjadi rentetan gol terbaiknya bersama Barcelona musim ini. Saat on fire, sulit bagi siapapun untuk menghentikan Lionel Messi.

Klasemen Liga Spanyol

Klasemen Liga Spanyol pekan ke-31 (soccerway.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Beda Foto Ekspetasi vs Realita Unggahan di Instagram

Posted: 06 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di media sosial kebanyakan orang ingin menunjukkan bahwa kehidupannya terlihat menarik. Oleh karena itu, mereka akan melakukan berbagai cara agar unggahannya terlihat sempurna.

Sayangnya, hal tersebut kadang tak sebanding dengan kenyataannya. Ya, banyak orang yang hanya menampilkan momen-momen yang terlihat indah yang kemungkinan sangat berbanding terbalik dengan kenyataannya.

Deretan foto yang membuktikan unggahan di Instagram sangat berbeda jauh dengan kenyataan, terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni penampilan sejumlah artis Hollywood berubah drastis usai operasi plastik.

Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai aksi kepedulian seorang bocah di India terhadap ayam yang ditabraknya menuai pujian warganet.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Foto Ini Buktikan Unggahan di Instagram Sangat Berbeda Jauh dengan Kenyataan

foto: Brightside

Deretan foto berikut membuktikan bahwa unggahan Instagram sangat berbeda jauh dengan aslinya. Hayo, siapa yang suka seperti ini?

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. 10 Penampilan Artis Hollywood Berubah Drastis Usai Operasi Plastik

foto: Brightside

Penampilan tampaknya menjadi hal yang sangat penting bagi para artis Hollywood. Oleh karena itu, berbagai hal dilakukan untuk memiliki penampilan yang mampu menarik perhatian dunia. Terlebih lagi tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka tampil sempurna di depan kamera.

Selengkapnya...

 

3. Bawa Ayam yang Ditabraknya ke Rumah Sakit, Aksi Bocah Ini Tuai Pujian

foto: Facebook Sanga Says

Seorang bocah 6 tahun asal India mendadak viral di media sosial lantaran aksinya yang patut diacungi jempol. Dia adalah Derek C Lalchhanhima, bocah yang aksinya berhasil buat publik terharu.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OJK Genjot Jumlah Investor Ritel di Pasar Modal Indonesia

Posted: 06 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) prediksi investor ritel akan menjadi penopang pasar modal Indonesia. Oleh karena itu, OJK berupaya untuk meningkatkan dan melindungi investor ritel.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen menuturkan, pihaknya melihat peran investor ritel sebagai masa depan pasar modal Indonesia. Apalagi Indonesia akan memiliki bonus demografi pada 2030.

Oleh karena itu, OJK menyiapkan sejumlah infrastruktur, sistem dan regulasi untuk mengantisipasi peningkatan jumlah investor ritel.

"Investor ritel belum signifikan tapi tumbuh. Masa depan pasar modal itu di investor ritel," ujar Hoesen, saat acara focus group discussion, Bandung, seperti ditulis Minggu (7/4/2019).

Hoesen menilai, pertumbuhan investor institusi tidak terlalu banyak.  Oleh karena itu, OJK akan memperkuat tidak hanya jumlah investor ritel tetapi juga pemahaman investor ritel terhadap investasi. Apalagi Indonesia dinilai akan punya bonus demografi yang dapat dukung peningkatan jumlah investor ritel.

"Kami persenjatai investor ritel dengan banyak hal.  Saya percaya bonus demografi bukan investor institusi tetapi masa depan kita ritel," ujar dia.

Hoesen mengatakan, dengan menggenjot investor ritel diharapkan dapat membuat daya tahan pasar modal Indonesia lebih kuat. "Ritel digenjot supaya buffer kita kuat," kata dia.

Hoesen menuturkan, salah satu bonus demografi berasal dari generasi milenial. Saat ini transaksi perdagagan saham generasi milenial masih kecil tetapi ada kenaikan literasi mengenai pasar modal.

Namun, generasi milenial itu memiliki potensi menjadi investor menengah panjang. Apalagi karakter generasi milenial, menurut Hoesen, pintar, suka tantangan dan sangat militan.

"Milenial cukup banyak. Value investasinya kecil itu tidak apa-apa yang penting literacy meningkat. Investasi tanpa ilmu itu bahaya.Milenial dari sisi jumlah sangat dominan, value terbatas. Tapi perlu dilihat milenial akan berkembang jadi investor menengah panjang. Bonus demografi 2030 yang dimulai sejak 2024, itu harus disiapkan," kata dia.

Sedangkan untuk kualifikasi investor ritel ini, Hoesen menilai, umumnya merupakan investor individual. Selain itu, investor tersebut juga bukan merupakan pengendali dan tidak terafiliasi dengan emiten dan broker.

 

 

Arahkan Investor Asing Investasi di Produk Infrastruktur

Peserta mengikuti cara berinvestasi Mandiri Skuritas di Bursa Efek Jakarta, Selasa (17/11). Mandiri Sekuritas terus mendorong pertumbuhan jumlah investor pasar modal di Indonesia. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Di sisi lain,  Hoesen menuturkan, aliran dana investor asing masuk ke pasar modal positif. Akan tetapi hal itu rentan karena kapan saja dapat keluar dari pasar modal sehingga bisa pengaruhi pasar.

Oleh karena itu, OJK pun mendorong investor asing untuk masuk ke produk investasi terkait infrastruktur. Produk tersebut memiliki jangka waktu lebih lama sehingga tidak cepat untuk keluar.

"Makin banyak asing, pasar kita bagus ada capital inflow tapi cenderung renta karena kapan pun bisa keluar. Kita tidak punya mekanisme tahan itu. Investor asing di arahkan ke close fund untuk infrastruktur yaitu RDPT, Dinfra dan REIT yang harus komit 5-7 tahun," ujar Hoesen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Dengan Suara Terendah di Dunia

Posted: 06 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang penyanyi asal Wales, Helen Leahey mencetak rekor di Guinness World Records. Ia dinobatkan sebagai pemilik suara terendah di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Editan Foto John Mayer Ala Netizen Ini Unik Banget, Bikin Senyum Sendiri

Posted: 06 Apr 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta John Mayer baru saja selesai menggelar konser di Indonesia pada Jumat (5/4/2019) di ICE BSD, Tangerang Selatan. Pada saat konser di Indonesia, John Mayer membawakan 24 lagu. Musisi kenamaan ini berhasil membuat para penonton tersihir dengan aksi panggungnya. 

Lagu yang dibawakan oleh John Mayer diantaranya ialah Queen of Clifornia, Waiting On the World to Change dan juga Something Like Olivia. Pada saat konser di Jakarta, ternyata dibagi dalam 2 sesi dengan jeda waktu istirahat 30 menit. Saat sesi kedua dimulai, John Mayer membawakan lagi beberapa lagi seperti Your Body Is Wonderland, Neon dan juga In Your Atmosphere.

Namun rupanya kemeriahan dari konser John Mayer sendiri bukan terjadi di ICE BSD saja. Akan tetapi para netizen di media sosial pun turut meramaikannya. Bukan netizen Indonesia jika tidak kreatif. Foto konser saat John Mayer manggung pun menjadi bahan netizen untuk berkreasi. Bahkan dari salah satu akun Twitter, yaitu @tbputera membuat editan foto yang enggak banget dan bisa bikin kamu geleng kepala loh. Bahkan hasil editan tersebut pun diunggah pada Instagram Story dan me-mention John Mayer.

Dilansir Liputan6.com dari akun @tbputera, Minggu (7/4/2019), berikut ini beberapa editan foto John Mayer yang bikin kamu geleng kepala.

1. Ini nih gaya John Mayer kalau lagi makan pecel ayam

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

2. Bersantai dengan yang segar ya

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

3. Lagi kejar skripsian nih

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

4. Untuk apa dicubit-cubit iguananya?

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

5. Siapa yang suka mager juga?

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

6. Si John Mayer jualan dimana nih?

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

7. Katanya sih lagi senam kesehatan jasmani ini

Editan foto John Mayer (Sumber: Twitter/tbputera)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Surat SBY kepada Petinggi Demokrat, Sebut Kampanye Prabowo Tak Lazim

Posted: 06 Apr 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyurati tiga petinggi partainya mengenai kampanye akbar Prabowo-Sandia di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Surat tersebut ditujukan untuk Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin, Waketum Syarief Hasan dan Sekjen PD Hinca Panjaitan.

Dalam suratnya, SBY menyebut bahwa kampanye Prabowo-Sandiaga tidak lazim dan tidak mencerminkan kampanye nasional yang inklusif. Hal ini diungkapkan SBY saat dirinya mendengar rencana kampanye akbar tersebut pada Sabtu, 6 April 2019. Saat itu juga SBY mengetahui set up dan run down acara kampanye akbar tersebut.

"Karena menurut saya apa yang akan dilakukan dalam kampanye akbar di GBK tersebut tidak lazim dan tidak mencerminkan kampanye nasional yang inklusif, melalui sejumlah unsur pimpinan Partai Demokrat saya meminta konfirmasi apakah berita yang saya dengar itu benar. Malam hari ini, saya mendapat kepastian bahwa informasi yang didapat dari pihak lingkaran dalam Bapak Prabowo, berita yang saya dengar itu mengandungi kebenaran," tulis SBY dalam penggalan surat itu.

Surat SBY itu dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di internal Partai Demokrat. "Iya benar, Pak SBY mengirim surat itu ke 3 petinggi Demokrat," ucap sumber tersebut.

Berikut isi lengkap surat SBY.

Kepada yang terhormat

1. Ketua Wanhor PD Amir Syamsudin

2. Waketum PD Syarief Hassan

3. Sekjen PD Hinca Panjaitan

BismilahirrahmanirrahimAssalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuhSalam Sejahtera

Salam Demokrat !

Sebenarnya saya tidak ingin menggangu konsentrasi perjuangan politik jajaran Partai Demokrat di tanah air, utamanya tugas kampanye pemilu yang tengah dilakukan saat ini, karena terhitung mulai tanggal 1 Maret 2019 yang lalu saya sudah memandatkan dan menugaskan Kogasma dan para pimpinan partai untuk mengemban tugas penting tersebut. Sungguhpun demikian, saya tentu memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan agar kampanye yang dijalankan oleh Partai Demokrat tetap berada dalam arah dan jalur yang benar, serta berlandaskan jati diri, nilai dan prinsip yang dianut oleh Partai Demokrat. Juga tidak menabrak akal sehat dan rasionalitas yang menjadi kekuatan partai kita.

Sore hari ini, Sabtu, tanggal 6 April 2019 saya menerima berita dari tanah air tentang "set up", "run down" dan tampilan fisik kampanye akbar atau rapat umum pasangan capres-cawapres 02, Bapak Prabowo Subianto-Bapak Sandiaga Uno, di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Karena menurut saya apa yang akan dilakukan dalam kampanye akbar di GBK tersebut tidak lazim dan tidak mencerminkan kampanye nasional yang inklusif, melalui sejumlah unsur pimpinan Partai Demokrat saya meminta konfirmasi apakah berita yang saya dengar itu benar. Malam hari ini, saya mendapat kepastian bahwa informasi yang didapat dari pihak lingkaran dalam Bapak Prabowo, berita yang saya dengar itu mengandungi kebenaran.

Sehubungan dengan itu, saya minta kepada Bapak bertiga agar dapat memberikan saran kepada Bapak Prabowo Subianto, Capres yang diusung Partai Demokrat, untuk memastikan hal-hal sebagai berikut:

Penyelenggaraan kampanye nasional (dimana Partai Demokrat menjadi bagian didalamnya) tetap dan senantiasa mencerminkan "inclusiveness", dengan sasanti "Indonesia Untuk Semua" Juga mencerminkan kebhinekaan atau kemajemukan. Juga mencerminkan persatuan. "Unity in diversity". Cegah demonstrasi apalagi "show of force" identitas, baik yang berbasiskan agama, etnis serta kedaerahan, maupun yang bernuasa ideologi, paham dan polarisasi politik yang ekstrim.

Pemilihan Presiden yang segera akan dilakukan ini adalah untuk memilih pemimpin bangsa, pemimpin rakyat, pemimpin kita semua. Karenanya, sejak awal "set up"nya harus benar. Mindset kita haruslah tetap "Semua Untuk Semua" , atau "All For All". Calon pemimpin yang cara berpikir dan tekadnya adalah untuk menjadi pemimpin bagi semua, kalau terplih kelak akan menjadi pemimpin yang kokoh dan insya Allah akan berhasil. Sebaliknya, pemimpin yang mengedepankan identitas atau gemar menghadapkan identitas yang satu dengan yang lain, atau yang menarik garis tebal "kawan dan lawan" untuk rakyatnya sendiri, hampir pasti akan menjadi pemimpin yang rapuh. Bahkan sejak awal sebenarnya dia tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin bangsa. Saya sangat yakin, paling tidak berharap, tidak ada pemikiran seperti itu (sekecil apapun) pada diri Pak Jokowi dan Pak Prabowo.

Saya pribadi, yang mantan Capres dan mantan Presiden, terus terang tidak suka jika rakyat Indonesia harus dibelah sebagai "pro Pancasila" dan "pro Kilafah". Kalau dalam kampanye ini dibangun polarisasi seperti itu, saya justeru khawatir jika bangsa kita nantinya benar-benar terbelah dalam dua kubu yang akan berhadapan dan bermusuhan selamanya. Kita harus belajar dari pengalaman sejarah di seluruh dunia, betapa banyak bangsa dan negara yang mengalami nasib tragis (retak, pecah dan bubar) selamanya. The tragedy of devided nation. Saya pikir masih banyak narasi kampanye yang cerdas dan mendidik. Seperti yang kita lakukan dulu pada pilpres tahun 2004, 2009 dan 2014. Bangsa kita sangat majemuk. Kemajemukan itu disatu sisi berkah, tetapi disisi lain musibah. Jangan bermain api, terbakar nanti.

Para kader pasti sangat ingat, Partai Demokrat adalah partai Nasionalis-Relijius. Bagi kita Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika adalah harga mati. Tidak boleh NKRI menjadi Negara Agama ataupun Negara Komunis. Indonesia adalah "Negara Pancasila" dan juga "Negara Berke-Tuhanan". Inilah yang harus diperjuangkan oleh Partai Demokrat, selamanya.

Saya berpendapat bahwa juga tidak tepat kalau Pak Prabowo diidentikkan dengan kilafah. Sama tidak tepatnya jika kalangan Islam tertentu juga dicap sebagai kilafah ataupun radikal. Demikian sebaliknya, mencap Pak Jokowi sebagai komunis juga narasi yang gegabah. Politik begini bisa menyesatkan. Sejak awal harusnya narasi seperti ini tidak dipilih. Tetapi sudah terlambat. Kalau mau, masih ada waktu untuk menghentikannya.

Dari pada rakyat dibakar sikap dan emosinya untuk saling membenci dan memusuhi saudara-saudaranya yang berbeda dalam pilihan politik, apalagi secara ekstrim, lebih baik diberi tahu , apa yang akan dilakukan Pak Jokowi atau Pak Prabowo jika mendapat amanah untuk memimpin Indonesia 5 tahun mendatang (2019-2024). Apa solusinya, apa kebijakannya? Tinggalkan dan bebaskan negeri ini dari benturan indentitas dan ideologi yang kelewat keras dan juga membahayakan. Gantilah dengan platform, visi, misi dan solusi. Tentu dengan bahasa yang mudah dimegerti rakyat. Sepanjang masa kampanye, bukan hanya pada saat debat saja.

Demikian Pak Amir, Pak Syarief dan Pak Hinca pesan dan harapan saya. Ketika saya menulis pesan ini, saya tahu AHY berada dalam penerbangan dari Singapura ke Jakarta, setelah menjenguk Ibu Ani yang masih dirawat di NUH. Partai Demokrat harus tetap menjadi bagian dari solusi, dan bukan masalah. Selamat berjuang, Tuhan beserta kita.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Singapura, 6 April 2019

Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Minta Gaji Baru 9,2 Miliar Per Pekan ke MU

Posted: 06 Apr 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Manchester United (MU) berada dalam situasi yang pelik terkait masa depan Paul Pogba. Sebab, pemain asal Prancis itu telah mengajukan kenaikan gaji dalam jumlah besar.

Sejak akhir Maret lalu, masa depan Paul Pogba bersama MU memang diragukan. Pangkal masalahnya, Paul Pogba sempat mengucapkan kalimat bahwa bermain untuk Real Madrid adalah sebuah impian. Rumor kepindahannya pun segera merebak.

Kabar itu kemudian berlanjut dengan rumor bahwa sudah ada kontak awal antara pihak Paul Pogba, lewat sang agen Mino Raiola, dengan Madrid. Dan, situasi makin pelik. MU tentu tidak ingin kehilangan Paul Pogba begitu saja.

Paul Pogba dan Mino Raiola dikabarkan sedang menjalin kontak dengan direksi Manchester United. Mereka siap bertahan di Old Trafford untuk durasi yang lebih lama lagi. Paul Pogba siap bernegosiasi untuk kontrak baru dengan pihak klub.

Hanya saja, seperti dikutip dari The Sun, ada sebuah syarat khusus yang diminta oleh pihak Paul Pogba. Eks pemain Juventus tersebut meminta pihak Manchester United untuk menaikkan gaji yang akan didapatkan setiap pekannya.

Saat ini, Paul Pogba menerima gaji senilai 290 ribu pounds setiap pekan dari Manchester United. Pemain yang membawa Prancis juara Piala Dunia 2018 itu menuntut gaji senilai 500 ribu pounds setia pekan atau setara Rp 9,3 miliar.

Dengan jumlah gaji tersebut, maka Paul Pogba juga sekaligus menjadi pemain dengan gaji paling mahal di skuat Manchester United. Saat ini, pemain dengan gaji paling mahal di pegang oleh Alexis Sanchez dengan 400 ribu pounds setiap pekan.

Tergoda Pindah ke Real Madrid

Pemain Manchester United, Paul Pogba, mengamati bola saat latihan jelang laga 16 besar Liga Champions di Kompleks Carrington, Manchester, Senin (11/2). MU akan menjamu PSG pada leg pertama di Stadion Old Trafford. (AFP/Franck Fife)

Kehadiran Paul Pogba di skuat Manchester United dinilai seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi, dia bisa jadi pemain yang menentukan dengan skill yang dimiliki. Namun, di sisi yang lain, dia juga kerap bermain dengan setengah hati.

Perseteruan antara dengan Jose Mourinho adalah salah satu efek negatif yang dihadirkan Pogba. Gelandang serang asal Prancis tersebut diklaim menggalang suara dari para pemain untuk menyingkirkan Jose Mourinho dari kursi manajer. Paul Pogba pun bermain setengah hati.

Kini, ada dua opsi bagi United yang akan sama sulitnya. Pertama, memberikan kontrak baru pada Paul Pogba dan menanggung beban gaji besar yang diminta. Kedua, melepas Paul Pogba ke Real Madrid dengan resiko kehilangan salah satu pemain bintangnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TV Negara Korea Utara Make Over Total, Presenter Perempuan Tampil Lebih Segar

Posted: 06 Apr 2019 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Korean Central Television (KCTV), lembaga penyiaran pemerintah Korea Utara, terus bereksperimen dengan perangkat modern, tampilan dan konten siaran baru --yang disebut oleh pengamat sebagai sebuah strategi untuk meremajakan televisi nasional mereka demi kepentingan propaganda negara.

Korea Utara meluncurkan studio teknologi tinggi, dilengkapi dengan ruang kontrol digital, sistem pencahayaan canggih dan teleprompter pada September 2018 lalu, catat ABC News.

Dan, peremajaan itu mulai terlihat dalam jam tayang malam reguler sejak awal 2019 ini, catat ABC News dan BBC Monitoring yang dikutip pada Minggu (5/4/2019).

Salah satu contoh adalah siaran 'berita' 12 menit yang mengudara pukul 20.00 waktu lokal, Kamis 28 Maret 2019.

Siaran dimulai dengan cerita utama hari itu, termasuk kunjungan 'yang mulia' Pemimpin Kim Jong-un ke rumah sakit gigi. Berita itu dibacakan dengan intonasi keras oleh seorang presenter laki-laki, bergaya 'authoritarian' Korea Utara.

Tapi kemudian seorang presenter perempuan dengan tampilan segar, mengenakan setelan krem bergaya Barat, muncul di depan layar kaca, menghadap ruang kendali siaran berteknologi tinggi, diikuti oleh grafik 3D, ketika ia membacakan berita bahwa pabrik-pabrik di Pyongyang berusaha untuk memenuhi tujuan tahun baru nasional mereka.

Paket siaran tersebut juga menampilkan foto udara dari pabrik selimut sutra dan pabrik kosmetik - baik di dalam maupun di luar fasilitas - ketika grafik tambahan menunjukkan poin data dari perbaikan "bersejarah".

"Hanya 50 produk dari 30 jenis yang diproduksi sebelum negara memodernisasi fasilitas pabrik. Setelah pembaruan dan pengembangan produk, pabrik telah maju untuk menghasilkan lebih dari 300 produk dari 110 varietas," presenter perempuan itu membaca dengan bangga.

Ketika si presenter membacakan berita dengan mengalir, shot video dan gambar tentang popularitas merek kosmetik Korea Utara yang ditayangkan dengan transisi time-lapse ala siaran media baru (new media), mengisi sela pemberitaan.

 

Presenter perempuan televisi negara Korea Utara (KCTV) (kredit: KCTV)

Lebih Hype?

Program-program KCTV juga mulai mencakup lebih banyak pelaporan lapangan dan pelibatan reporter dalam pemberitaan.

Sebelumnya, program-program Korea Utara hanya diproduksi dengan menggunakan voice-over dan reporter jarang muncul di depan kamera selama suatu segmen.

Bahkan jika mereka melakukannya, kehadiran mereka kaku dan khas 'authoritarian': mereka tidak tersenyum dan mengenakan pakaian berwarna gelap atau gaun hanbok tradisional.

Video-video itu sendiri diambil secara konvensional, dengan sedikit pergerakan kamera. Demikian juga, gaya pengeditan menampilkan potongan sederhana dengan efek minimal.

Tetapi program baru-baru ini menunjukkan wartawan berbicara dengan nada santai dan percakapan sambil mengenakan pakaian modern berwarna cerah.

Presenter televisi negara Korea Utara (KCTV) (kredit: KCTV)

Kamera mengikuti saat mereka berjalan dan berbicara, dan mereka menggunakan lebih banyak gerakan tangan dan ekspresi wajah daripada sebelumnya. Seorang reporter perempuan KCTV baru-baru ini mengenakan setelan rok dan stiletto hijau neon untuk segmennya.

Dalam program budaya baru-baru ini, presenter berwajah riang memperkenalkan cara untuk tetap sehat. Ia, dengan bangganya, mengambil apel dari layar virtual untuk menekankan isi informasi yang disampaikan.

Dari sisi pengeditan, program-program Korea Utara sekarang menampilkan segmen tanya-jawab yang menunjukkan baik reporter maupun yang diwawancarai dalam "two-shot" tradisional. Wartawan mengajukan pertanyaan mereka di depan kamera dan bahkan bereaksi terhadap jawaban subyek mereka dengan kejutan, keraguan, atau pujian.

Pemirsa juga melihat dari balik layar bagaimana program dibuat. Sebuah film dokumenter baru-baru ini yang berjudul "The Best Cold Noodle Taste" termasuk klip panjang kru televisi yang masuk dan keluar dari van mereka di lokasi yang berbeda, tampaknya berupaya untuk menunjukkan nuansa pelaporan di lapangan.

Ada pula beberapa adegan di mana reporter mengobrol dengan penduduk setempat yang direkam menggunakan kamera drone.

 

Simak video pilihan berikut:

Make Over Konten

Warga menonton sebuah layar video besar di Mirae Scientists Street di Pyongyang yang menampilkan pembaca berita Ri Chun-Hee saat dia mengumumkan bahwa negara tersebut telah berhasil menguji sebuah bom hidrogen pada Senin (3/9). (AFP Photo/Kim Won-Jin)

Sebelumnya, sebagian besar program KCTV berfokus pada pencapaian oleh para pemimpin hebat atau penggambaran loyalitas komunis.

Kini, semua itu perlahan berubah, dengan perubahan yang paling mencolok adalah bahwa lebih banyak cerita berfokus pada orang daripada ideologi.

Baru-baru ini, dorongan negara komunis untuk modernisasi - dipimpin oleh seorang pemimpin muda berusia 30-an - juga telah menghasilkan berbagai program siaran yang tampaknya telah meniru gaya agak Barat.

Perubahan itu mungkin juga ada kaitannya dengan fakta bahwa pemirsa Korea Utara menjadi lebih paham, semakin terbuka terhadap informasi dari dunia luar, termasuk program TV dari Korea Selatan.

"Televisi Korea Utara berubah untuk mengikuti tren global ... Kita dapat mengatakan bahwa perubahan arah telah tercermin pada produksi program (siaran)," Kang Dong Wan, seorang pakar budaya Korea Utara yang mengajar di Universitas Dong-A di Korea Selatan, mengatakan kepada ABC News.

"Tapi tema utama di TV Korea Utara adalah untuk menjaga identitas nasional mereka sambil mengikuti tren baru."

Tren-tren itu termasuk fitur perempuan di pabrik kosmetik, siswa memamerkan ponsel baru dan staf di restoran pizza.

Orang-orang yang diwawancarai masih mengungkapkan rasa terima kasih tak terkira untuk 'kamerad' Kim Jong-un dan arahannya atas negara mereka - tetapi sekarang, setidaknya, pesan seperti itu tampaknya datang dari warga negara biasa.

Kata Pengamat

Ruang siaran televisi negara Korea Utara (KCTV) (kredit: KCTV)

Pengamat menilai make-over itu sebagai penggambaran yang menekankan visi Kim Jong-un menuju Korea Utara yang "modern, nasional, dan meningkatkan kualitas."

"KCTV harus ditekan untuk mengembangkan dan menggunakan teknologi media baru untuk memenuhi permintaan peningkatan ilmiah dan teknologi di seluruh masyarakat Korea Utara," kata Philo Kim, seorang profesor di Institute for Peace and Unification Studies, Seoul, Korea Selatan.

"Tidak hanya sistem penyiaran, tetapi juga bagian lain dari masyarakat, seperti sekolah dan pabrik, menghadapi tuntutan untuk reformasi teknologi."

Komentar serupa juga datang dari Lee Ju-cheol, yang telah melakukan banyak penelitian di televisi negara bagian Korea Utara dan sekarang bekerja di Pusat Pertukaran dan Kerjasama Antar-Korea yang dikelola Korea Broadcasting System (KBS) badan penyiaran negara Korea Selatan.

"Jelas, orang yang bekerja dalam sistem penyiaran negara mereka pasti memiliki lebih banyak kesempatan untuk menyaksikan program televisi Barat," kata Lee kepada ABC News.

"Upaya untuk membuat program mereka tampak kurang dipaksakan dan lebih spontan terbayar."

Eksperimen baru dalam bercerita dan memberitakan ini kemungkinan akan terus berlanjut, tetapi KCTV "tidak diragukan lagi akan tetap menjadi alat penting untuk propaganda oleh kepemimpinan," kata Lee.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Superhero Semarakkan Kampanye Akbar Prabowo-Sandi

Posted: 06 Apr 2019 08:51 PM PDT

Seorang pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengenakan kostum superhero saat mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Seorang pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengenakan kostum superhero saat mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Seperti biasa, Prabowo menyapa pendukungnya dari atas kap mobil. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Seperti biasa, Prabowo menyapa pendukungnya dari atas kap mobil. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Kehadiran Prabowo disambut para pendukungnya yang sudah menunggu sejak pagi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa pendukungnya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di luar Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Kehadiran Prabowo disambut para pendukungnya yang sudah menunggu sejak pagi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sejumlah pendukung pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengikuti kampanye akbar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Serial Game of Thrones Disusupi Malware Terpopuler

Posted: 06 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2018, Game of Thrones telah menyumbang 17 persen dari semua konten bajakan yang terinfeksi malware, dengan 20.934 pengguna yang terkena serangan. Kemudian diikuti oleh The Walking Dead dengan 18.794 dan Arrow dengan 12.163.

Berita ini pun menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com, Sabtu (6/4/2019) kemarin. Informasi lain yang tak kalah populer datang dari artikel Tanya Tekno yang kali ini membahas tentang penggunaan adapter pada slot tipe hybrid di Android.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Waspada, Serial Game of Thrones dan The Walking Dead Disusupi Malware

Kaspersky Lab menemukan banyak hacker jahat secara aktif menggunakan episode baru serial televisi populer untuk mendistribusikan malware.

Game of Thrones, The Walking Dead, dan Arrow adalah pertunjukan yang paling banyak mendapat perhatian dari para pelaku kejahatan siber. Temuan dan hasil lainnya dipublikasikan dalam laporan terbaru, "Game of Threats: Bagaimana pelaku kejahatan siber menggunakan serial TV populer untuk menyebarkan malware".

Serial televisi merupakan salah satu jenis hiburan yang paling populer dan universal, namun dengan meningkatnya torrent, streaming online, dan metode distribusi digital lainnya, mereka sering mengalami pelanggaran hak cipta.

Baca selengkapnya di sini 

2. Tanya Tekno: Amankah Penggunaan Adapter pada Slot Tipe Hybrid?

Slot kedua ponsel Android saya tipe hybrid, jadi saya mesti milih mau pakai itu buat kartu SIM atau micro SD. Saya mau beli converter/adapter supaya slot kedua bisa dipakai buat kartu SIM dan micro SD bersamaan. Apakah ini aman? Thx. Farhan.

Terima kasih banyak atas pertanyaannya, Farhan. Slot tipe hybrid memang banyak ditemukan pada banyak ponsel Android.

Buat sebagian orang, kartu micro SD lebih penting ketimbang SIM dan buat sebagian lainnya, pemakaian kartu SIM lebih urgen daripada micro SD, tetapi ada juga pengguna yang mengganggap keduanya sama pentingnya.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Bigetron Juarai Final Regional Indonesia PUBG Mobile Club Open 2019

PUBG Mobile Club Open 2019 (FOTO / realpubgm.id)

Setelah melalui babak kualifikasi yang panjang, 12 tim esports akhirnya terpilih untuk bertanding di laga PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019 Regional Finals Indonesia.

Adapun 12 tim esports yang ikutan bertanding di Pullman Ballroom Central Park pada 5 April 2019, yakni Bigetron ID, Dranix, Dream Heroes, Ex Enemy Down, Onic Esports, RRQ Kage, Star8 Esports, The Prime, Victim Esports, WAW Esports, Young n Free dan Zone Esports.

Perbutan trofi juara dan pengakuan sebagai tim esports PUBG Mobile terbaik di Tanah Air pun berlangsung panas, namun akhirnya Bigetron Esports-lah yang tampil sebagai pemenang.

Baca selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Kian Dekat dengan Scudetto

Posted: 06 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Puncak klasemen Liga Italia pada pekan ke-31 masih milik Juventus. Tim berjuluk Bianconeri itu menambah tiga poin usai menang 2-1 atas AC Milan, Sabtu (6/4/2019) di Allianz Stadium.

Juventus sebetulnya kebobolan lebih dulu pada laga tersebut lewat Krzyzstof Piatek pada menit 39. Keunggulan AC Milan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Juventus baru bisa menyamakan kedudukan di menit ke-60 lewat penalti Paulo Dybala. Tim asuhan Massimiliano Allegri ini akhirnya menyegel kemenangan lewat gol Moise Kean di menit 84.

Dengan kemenangan ini, koleksi poin Juventus menjadi 84. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan unggul 21 poin dari pesaing terdekat mereka di klasemen Liga Italia, Napoli.

Liga Italia musim ini tinggal menyisakan tujuh pertandingan lagi. Jika Napoli kalah, Juventus 90 persen bakal merebut scudetto untuk delapan kali berturut-turut.

Di sisi lain, kekalahan dari Juventus menahan AC Milan di peringkat keempat klasemen Liga Italia. Tim asuhan Gennaro Gattuso ini pun terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

Klasemen Liga Italia

Klasemen Liga Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Ketahui Siapa yang Melihat Profil WhatsAppmu, Gampang Banget

Posted: 06 Apr 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp merupakan aplikasi berkirim pesan yang memiliki banyak peminat. Salah satu alasannya karena WhatsApp memiliki banyak fasilitas yang memudahkan para pengguna untuk berkirim pesan.

Untuk memberikan pengalaman berkomunikasi, banyak fitur yang sudah dihadirkan WhatsApp. Beberapa fiturnya seperti bisa membuat status, mematikan status Last Seen, Sedang Mengetik, tanda centang biru saat pesan telah dibaca, mengatur informasi akun, dan lain sebagainya.

Pada saat awal membuat akun WhatsApp, Anda juga dimudahkan untuk mendaftarnya. Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon untuk bisa memiliki akun WhatsApp.

Layaknya platform media sosial lainnya, WhatsApp juga memiliki salah satu fitur unggulan. Salah satunya adalah bisa mengatur informasi pribadi. Ya, di WhatsApp Anda juga bisa memberikan beberapa informasi seperti nama, foto profil, status, dan lain sebagainya.

Fitur WhatsApp

Salah satu fitur memberikan informasi yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan mengganti foto profil, status, dan nama WhatsApp. Saat Anda menggunakan WhatsApp, Anda bisa mengganti informasi di akun profil tanpa harus mengganggu pengguna lainnya.

Memang, tidak ada notifikasi khusus bagi pengguna yang telah mengganti informasi profil WhatsApp-nya. Namun, tidak jarang banyak pengguna lain yang secara tidak langsung ingin mengetahui profil pengguna lainnya. Apalagi WhatsApp bisa melihat profil pengguna lainnya tanpa harus menambahkan nomor ke daftar kontak WhatsApp. Hal ini memungkinkan pengguna lainnya untuk melihat infromasi profil tanpa harus menambahkan nomor ke kontak WhatsApp.

Nah, buat Anda yang penasaran dengan sosok pengguna WhatsApp lainnya baik itu yang sudah terdaftar di nomor kontak atau belum, kali ini Anda bisa mengetahui atau melacak siapa saja yang melihat profil WhatsApp Anda. Memang, cara ini tidak termasuk ke dalam fitur yang dimiliki oleh WhatsApp secara langsung. Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menggunakannya.

Berikut Liputan6.com, Minggu (7/4/2019) telah merangkumnya dari berbagai sumber cara mengetahui siapa saja yang telah melihat profil Anda di akun WhatsApp.

Cara Ketahui Siapa yang Melihat Profil WhatsApp

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Untuk melakukan trik ini, sebelumnya Anda perlu memiliki aplikasi Whats Tracker yang bisa Anda download secara gratis di Google Play Store. Setelah mendownload aplikasi ini, Anda bisa mengintasll-nya kemudian pilih 'Allow'. Aplikasi ini akan meminta izin untuk mengambil seluruh data dari semua kontak yang terdapat di smartphone Anda.

Setelah Anda selesai melakukan registrasi, Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkah ini untuk menjalankan aplikasinya. Simak, ya.

Momo Challenge. (Ilustrasi: Pexels.com)

1. Buka aplikasi Whats Tracker yang telah Anda install.

2. Akan terdapat tiga tab menu yaitu 'Visitors', 'Contacts', dan 'Visited'. Kalau Anda ingin melihat siapa saja yang melihat profil WhatsApp, Anda bisa memilih 'Visitor'. Sedangkan kalau Anda ingin mengetahui akun siapa saja yang telah Anda kunjungi, Anda bisa memilih menu 'Visited'.

3. Setelah itu aplikasi ini akan menampilkan daftar nama siapa saja yang telah melihat profil WhatsApp Anda dengan jelas.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Buat Anda yang penasaran siapa saja yang telah mengunjungi akun WhatsApp Anda.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri Yakin Giroud Takkan Tinggalkan Chelsea

Posted: 06 Apr 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Maurizio Sarri buka suara soal masa depan Olivier Giroud di Chelsea. Manajer asal Italia itu percaya Giroud akan bertahan di Stamford Bridge musim depan.

Giroud bergabung dengan Chelsea Januari tahun lalu. The Blues menebusnya dari Arsenal dengan dana 18 juta pound sterling.

Sayangnya, Giroud tak pernah menjadi pilihan utama di Chelsea. Sejauh ini ia baru bermain dalam 54 laga di semua kompetisi dan mencetak 16 gol.

Tak heran Giroud pun dikabarkan sudah tak betah di Stamford Bridge. Bahkan ia rela kembali ke Prancis agar bisa bermain lebih banyak.

Namun rencana Giroud tampaknya tak bakal terwujud. Sarri mengungkapkan Chelsea masih membutuhkannya.

 

 

Komentar Sarri

Striker Chelsea, Olivier Giroud, berebut bola dengan bek Liverpool, Virgil Van Dijk, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (6/5/2018). Chelsea menang 1-0 atas Liverpool. (AFP/Glyn Kirk)

"Saya tahu klub bisa memperpanjang kontraknya semusim lagi. Jadi saya pikir dia akan bertahan," kata Sarri seperti dilansir Evening Standard.

"Apakah saya melihat dia ingin bertahan? Saya pikir iya. Saya pribadi juga tak keberatan jika dia masih di sini," kata Sarri menambahkan.

Musim ini Giroud hanya 16 kali menjadi starter. Namun dia telah mencetak 11 gol, sembilan diantaranya di Liga Europa.

Jadwal

Perayaan gol pertama Chelsea yang dicetak Olivier Giroud pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Stamford Bridge, London, Kamis (4/4). Chelsea menang 3-0 atas Brighton Albion. (AFP/Glyn Kirk)

Jadwal Liga Inggris:

Minggu (7/4/2019)

20.05 WIB Everton Vs Arsenal

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lawan Ajax, Pelatih Juventus Jelaskan Kondisi Terkini Ronaldo

Posted: 06 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Pelatih Juventus, Masimilliano Allegri menjelaskan kondisi terkini Cristiano Ronaldo jelang duel perempat final Liga Champions melawan Ajax Amsterdam. Dia meyakini Ronaldo sudah siap untuk laga melawan Ajax.

Apalagi,Ronaldo sudah absen di empat laga terakhir Juventus di serie A. Termasuk kemenangan 2-1 Juventus atas AC Milan pada Sabtu kemarin.

Allegri mengatakan, Ronaldo sudah siap tempur. Tenaganya memang disiapkan untuk laga Liga Champions melawan Ajax Amsterdam nanti.

"Ronaldo selalu merasa siap, tapi saya bilang kepada dia untuk istirahat. Kami yakin bisa memainkan dia," ujar Allegri seperti dikutip Sky Sports.

Lawan AC Milan, Juventus sempat tertinggal terlebih dahulu. Namun dua gol dari Paulo Dybala dan Moise Kean selamatkan tiga poin Juventus.

Mulus

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi bersama Paulo Dybala usai membobol gawang Frosinone pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Jumat (15/2). Juventus menang 3-0 atas Frosinone. (AP/Alessandro Di Marco)

Juventus memang mulus di serie A. Selangkah lagi Juventus bisa keluar sebagai juara.

Di Liga Champions, Juventus sedang merangkai asa untuk kembali juara setelah sekian lama. Jalan untuk juara cukup terbuka meski jumpa dengan Ajax.

Kalau bisa mengatasi Ajax, Juventus akan jumpa Manchester City atau Tottenha di semifinal.

23 Tahun

Juventus terakhir kali menjadi juara Liga Champions pada 1996 lalu. Itu artinya mereka sedang mengejar ambisi untuk akhiri kutukan 23 tahun.

Juventus nyaris juara sebanyak dua kesempatan kala tembus final Liga Champions pada 2015 dan 2017. Ronaldo diharapkan bisa membantu mereka akhiri paceklik trofi itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Anggun Soal Duet dengan Mendiang Luciano Pavarotti

Posted: 06 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suara mendiang penyanyi Luciano Pavarotti akan kembali terdengar. Di final Asia's Got Talent 2019, mendiang maestro seriosa itu akan berduet dengan Anggun.

Anggun pun tak sabar untuk bisa memberikan penampilan terbaik kala berduet dengan mendiang Luciano Pavarotti secara virtual.

Menurut Anggun, duet ini terjadi setelah ia bertemu langsung dengan istri Luciano Pavarotti, Nicoletta, ketika menggelar konser di Italia belum lama ini.

Dari pertemuan itulah menghasilkan duet virtual dengan mendiang Luciano Pavarotti.

 

Fans Luciano Pavarotti

Anggun (Liputan6.com/ Aditia Saputra)

"Saya selalu menjadi pengagum berat Luciano Pavorotti. Kejeniusan dan talentanya yang tak tertandingi akan selamanya menandai sejarah musik. Pavarotti telah mampu mendemonstrasikan musik opera dan membuatnya populer di seluruh dunia," kata Anggun.

Anggun mengatakan, Luciano Pavarotti merupakan seorang seniman yang sangat dia kagumi. Oleh karena itu, Anggun merasa senang sekali bisa dipercaya berduet virtual dengan Luciano Pavarotti.

 

 

Permintaan Istri Luciano Pavarotti

Anggun (Bambang E. Ros/Bintang.com)

"Nicoletta Mantovani-Pavarotti adalah seorang wanita dengan aura luar biasa yang melindungi kenangan tentang almarhum suaminya. Nicoletta membuat saya menemukan ruang ingatan dimana semua kenangan tentang Pavarotti, mulai dari kostumnya, score-nya dan album rekamannya diarsipkan," katanya. 

"Saat Nicolleta meminta saya untuk menyanyikan duet virtual, saya tidak bisa mempercayainya. Ini merupakan suatu kehormatan yang luar biasa," sambung Anggun.

 Anggun bakal merekam bagian vokal dalam soundtrack original yang dibuat mendiang Luciano Pavarotti. "Bernyanyi di master suara dengan suara maestro terhebat sepanjang masa, sangatlah menegangkan.Dua suara kami harus dalam harmoni yang sempurna. Saya telah melalui banyak emosi selama proses rekaman ini," tutup Anggun yang akan tampil di final Asia's Got Talent 2019 pada 11 April 2019 di AXN pukul 20.00 WIB. (Kapanlagi.com/ Fikri Alfi Rosyadi)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo: Negara Kita Sedang Sakit, Ibu Pertiwi Diperkosa

Posted: 06 Apr 2019 08:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto menggelar kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Dalam orasinya, Prabowo mengatakan Indonesia adalah negara yang sedang sakit. Kekayaan bangsa diambil terus menerus dan hak rakyat diinjak-injak.

"Saya berpandangan bahwa negara kita sedang sakit saudara-saudara sekalian. Ibu pertiwi sedang diperkosa," ucap Prabowo dalam orasinya, Minggu, (7/4/2019).

Kondisi di mana, kata Prabowo, kepala desa diancam, ibu-ibu ditangkap, kiai dan ulama dikejar serta orang tak bersalah di tangkap.

"Saudara Ahmad Dhani meringkuk di penjara sekarang. Hai hakim hai hakim yang memberi ketidakadilan kepada rakyat jangan kau kira kau tidak dicatat," kata Prabowo.

"Hai gubernur, hai bupati, jangan kau kira kau bisa mengancam-mengancam rakyatmu sendiri. Dulu bangsa Indonesia mengusir penjajah sekarang rakyat Indonesia akan mengusir penjah dari bangsa sendiri," lanjut Prabowo.

Prabowo menegaskan, dirinya dan calon wakil presiden Sandiaga Uno tak berniat lain selain bekerja mengabdi pada rakyat.

"Ada yang bilang Prabowo-Sandi, akan mengubah negara Pancasila. Kita akan mendirikan negara khilafah. Ini saya katakan adalah fitnah, fitnah yang kejam. Tapi, tidak laku. Rakyat Indonesia tidak akan terpengaruh saudara-saudara. Betul?," ucap Prabowo.

Menurut Prabowo, ustaz dan kiai selalu mengajarkan mengenai islam yang rahmatan lil alamin. Di mana islam yang damai, menghormati semua agama, suku dan etnis. Untuk itu, Prabowo yakin Indonesia ingin perubahan dan kekayaan kembali ke tangah bangsa.

"Saudara sekalian Prabowo Subianto sudah berapa belas tahun keliling Indonesia dan mengutarakan bahwa kekayaan Indonesia diambil keluar, tapi elite Indonesia selalu tidak membantah tidak menyanggah tapi mengejek. Ditanya mana buktinya. Tahu-tahu tiga hari yang lalu KPK mengatakan yang bocor itu Rp 2.000 triliun.

"Selama ini Prabowo mengatakan Rp 1.000 triliun hilang, KPK mengatakan Rp 2000 triliun hilang. Beberapa tahun lagi bayangkan apa yang bisa kita bangung negara apa yang kita bisa bangun dengan 10 ribu triliun, berapa ratus pabrik yang bisa kiita bangun?," tandas Prabowo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Totalitas Agnez Mo Saat Tampil di Atas Panggung

Posted: 06 Apr 2019 08:25 PM PDT

Agnez Mo selalalu tampil energic dan kompak bersama para dancer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Agnez Mo selalalu tampil energic dan kompak bersama para dancer. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Bukan hanya soal pakaian kerap memukau, tapi suara emas Agnez Mo juga selalu pukau para penonton. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Bukan hanya soal pakaian kerap memukau, tapi suara emas Agnez Mo juga selalu pukau para penonton. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Gaya rambut Agnez Mo pun kerap berubah-ubah. Namun selalu bisa tampil diatas panggung dengan penampilan luar biasa. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Gaya rambut Agnez Mo pun kerap berubah-ubah. Namun selalu bisa tampil diatas panggung dengan penampilan luar biasa. (Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Launching 13 April, Menteri Rini Yakin LinkAja Mampu Saingi Alipay

Posted: 06 Apr 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - Menteri BUMN Rini Soemarno berambisi LinkAja mampu kalahkan Alipay sebagai aplikasi pembayaran. Hal ini dilihat dari jumlah penduduk Indonesia dan peningkatan literasi keuangan. LinkAja merupakan gabungan dari berbagai layanan uang digital BUMN yang berganti wajah menjadi satu dalam LinkAja.

LinkAja merupakan bentuk komitmen dari BUMN dalam menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jaringan bisnis kredibel milik BUMN.

"LinkAja adalah sistem pembayaran elektronik yang dikeluarkan Telkom sama Himbara, Pertamina, Pegadaian. Kita semua harus pakai LinkAja, tidak boleh kalah dengan Alipay," kata Rini di Sidoarjo, Minggu (7/4/2019).

LinkAja ini merupakan salah satu rencana Rini selama memimpin BUMN dalam menghadirkan sistem pembayaran yang eifisien dan mengurangi ketergantungan dengan sistem luar negeri seperti diantaranya Visa dan Mastercard.

Dengan jumlah penduduk sekarang lebih dari 250 juta jiwa dan diperkirakan sepuluh tahun ke depan akan mencapai 350 juta jiwa, penetrasi LinkAja dinilai sangat terbuka lebar.

"Ke depan kita bisa 350 juta jiwa, ke mana-mana kita harus mampu mempunya sistem keuangan sendiri, jadi Insy Allah dengan LinkAja kita mulai dengan BUMN, keluarga BUMN semua harus pakai LinkAja," tambahnya.

Saat ini LinkAja masih soft launching. Rencananya, LinkAja ini akan diluncurkan resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada 13 April 2019 saat puncak HUT Kementerian BUMN.

Fakta Tentang Dompet Digital BUMN LinkAja

Ilustrasi aplikasi LinkAja. (Foto: LinkAja)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini telah memiliki layanan dompet digital yang diberi nama LinkAja. Ini merupakan gabungan dari berbagai layanan uang digital BUMN yang sebelumnya sudah ada.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyambut optimistis buah karya beberapa perusahaan pelat merah tersebut.

Bahkan dia berharap dompet digital ini terus membesar. "Insya Allah, ini jadi Unicorn baru pelat merah," tutur Rini Soemarno pada Sabtu (9/3/2019).

LinkAja bakal menyediakan berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet); transaksi di merchant seperti Pertamina, pembayaran moda transportasi, hingga pembelian online.

Berikut beberapa fakta keberadaan dompet digital LinkAja, seperti dirangkum Liputan6.com, Senin (1/4/2019):

1. Gabungan Uang Digital BUMN

LinkAja merupakan gabungan dari uang digital beberapa BUMN. Ini antara lain PT Bank Mandiri Tbk (e-Cash), PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI (TBank), dan Bank Negara Indonesia atau BNI (UnikQu). Kemudian Telkomsel dengan layanan T-Cash dan T-money.

Sebelumnya Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Maryono, sebagai Ketua Himbara memastikan bahwa tanggal 1 Maret 2019 LinkAja sudah dapat dipergunakan oleh penguna uang elektronik bank-bank yang tergabung dalam Himbara.

Ini karena pemindahan saldo dari akun uang elektronik milik bank Himbara ke LinkAja akan dimulai pada 1 Maret 2019.

2. Pemegang Saham

Hingga saat ini, saham LinkAja terbesar dipegang Telkomsel sebesar 25 persen. Kemudian Bank Mandiri, BNI dan BRI memegang saham masing-masing 20 persen.

Adapula BTN dan Pertamina memegang masing-masing 7 persen dan Jiwasraya memegang 1 persen saham.

 

 

3. Perusahaan Naungan

Adapun LinkAja berada pada naungan PT Fintek Karya Nusantara yang akan resmi meluncurkan layanan dompet digital (e-Wallet) terbaru LinkAja pada 13 April 2019.

Direktur PT Finarya, Danu Wicaksana mengungkapkan keberadaan LinkAja untuk menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik dan lengkap bagi masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan jaringan bisnis kredibel milik BUMN.

Dia menjelaskan, dengan adanya sinergi tersebut pengguna tidak perlu khawatir. Sebab layanan yang didapat justru akan semakin luas dari sebelumnya.

"Tentu saja kita melihatnya di dalam kerangka lebih luas, bahwa konsumen akan mendapatkan lebih banyak keuntungan dan kemudahan dari sinergi BUMN ini. Sementara itu bagi BUMN sendiri jadi bisa lebih efisien dan efektif mengelola produk keuangan elektronik dalam satu platform," jelas dia.

Selain itu, dia menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan antara LinkAja dengan layanana-layanan sebelumnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarri: Pemilik Chelsea Lebih Suka Berbicara dengan Zola

Posted: 06 Apr 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Maurizio Sarri mengungkapkan fakta menarik dalam menangani Chelsea musim ini. Ternyata manajer asal Italia itu jarang berkomunikasi dengan pemilik The Blues, Roman Abramovich.

Performa Chelsea di tangan Sarri musim ini belum konsisten. Bahkan Chelsea masih terus berjuang untuk finis di posisi empat besar.

Tak heran rumor pemecatan terus bergulir belakangan ini. Terlebih sepanjang musim ini Abramovich belum sekalipun menonton langsung performa timnya di stadion.

Padahal biasanya Abramovich kerap menonton langsung di Stamford Bridge. Ia juga sering mengunjungi para pemain di ruang ganti atau tempat latihan.

Banyak yang menduga Abramovich tak suka dengan kinerja Sarri. Ia juga telah menyiapkan sejumlah nama pada musim panas nanti.

 

 

Komentar Sarri

Armada Chelsea merayakan gol pertama yang dicetak oleh Eden Hazard di menit ke-45. pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Vicarage Road, Watford, Rabu (24/12). Pasukan Maurizio Sarri menang 2-1 atas Watford. (AFP/AP)

"Berapa banyak saya sering berkomunikasi dengan Abramovich? Jujur saja dia lebih sering bicara dengan asisten saya, Gianfranco Zola," kata Sarri seperti dilansir Evening Standard.

"Dia pemilik klub ini dan punya kebebasan berbicara dengan siapapun, pemain, staf. Lagipula Zola memang lebih fasih berbahasa Inggris ketimbang saya," kata Sarri menambahkan.

"Situasi ini juga pernah saya alami di Napoli. Pemilik klub hanya datang ke markas latihan sebulan sekali, jadi tidak masalah."

Jadwal

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, memberikan aplaus usai laga melawan PAOK pada laga Liga Europa di Stadion Toumbas, Thessaloniki, Kamis (20/9/2018). PAOK takluk 0-1 dari Chelsea. (AP/Thanassis Stavrakis)

Jadwal Liga Inggris:

Minggu (7/4/2019)

20.05 WIB Everton Vs Arsenal

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gaya Orasi Prabowo-Sandi di Kampanye Akbar

Posted: 06 Apr 2019 08:12 PM PDT

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Kampanye akbar Prabowo-Sandi diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Kampanye akbar Prabowo-Sandi diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Kampanye akbar Prabowo-Sandi diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Kampanye akbar Prabowo-Sandi diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan politikus PAN Amien Rais terlihat di atas panggung kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan politikus PAN Amien Rais terlihat di atas panggung kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Kampanye akbar Prabowo-Sandi diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. (merdeka.com/Arie Basuki)

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Kampanye akbar Prabowo-Sandi diawali dengan salat tahajud dan salat subuh berjamaah. (merdeka.com/Arie Basuki)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (merdeka.com/Arie Basuki)

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye di GBK, Sandi: Pak Ali Bertahan Jual Ikan di Tengah Banjir Produk Impor

Posted: 06 Apr 2019 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden Sandiaga Uno mengajak para relawan dan simpatisan memilih Prabowo-Sandiga di Pilpers 2019 nanti. Sandi pun menganti singkatan TPS yang sejatinya Tempat Pemungutan Suara menjadi Tusuk Prabowo Sandiaga.

"Mau cari kerja mudah, jawabanya Tusuk Prabowo Sandi. Mau harga-harga terjangkau jawabnya tusuk Prabowo-Sandi," ucap Sandiaga, Minggu (7/4/2019).

Sandiaga mengatakan, masyarakat sudah lama menginginkan perubahan. Ia mengetahui hal tersebut setelah menjelajahi 1.500 daerah di Indonesia. Sandi menyebut beberapa orang yang pernah mengadu ke hadapnnya.

"Ibu Ida di Bali sampaikan beban listik. Listrik sekarang turun atau naik?. Ibu Lis di Cibitung cemaskan masa depan  pekerjaaan. Cari kerja sekarang gampang atau susah? Kita hidup di industri namun penangguran masih dirasakan berat," ucap Sandiaga.

"Terbayang wajah letih Abu yang merugi karena biaya sewa lahan tinggi. Pak Ali nelayan di Bayuwangi harus bertahan menjual ikan seiring banjir produk-produk impor," lanjut Sandiaga.

Sandiga memberikan jawaban atas permasalahan masyarakat tersebut yakni dengan memilih pasangan Prabowo-Sandiaga. 

"Prabowo-Sandi akan menyelesaiakan memberikan solusi masalah ekonomi kita," tandas Sandiaga.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menelisik Detail Ubahan Vespa Primavera, Apa Saja yang Baru?

Posted: 06 Apr 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Piaggio Indonesia baru saja memperkenalkan varian terbarunya. Ada penyegaran pada diri Vespa Primavera pada varian dicirkan dengan label S.

Vespa Primavera modern, sudah ada di Indonesia sejak 2014. Saat itu mengandalkan mesin 3V yang "kaya getaran". Untungnya, di 2016 mereka mengganti jantung pacu dengan mesin i-Get yang lebih halus.

Pada penyegaran kali ini sebenarnya secara teknis, tak berubah sedikitpun. Hanya tampilan saja mengalami penyegaran, sekaligus beberapa kosmetik kecil di varian S.

Bisa dibilang, awalnya Primavera ditujukan bagi penggemar skuter dengan tampilan elegan. Namun Piaggio Indonesia memperkaya lini pasar mereka, dengan menghadirkan varian sporty. Seperti yang dikatakan Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia, di acara peluncuran kemarin, "Bagi yang ingin Vespa dengan tampilan elegan, pilihlah Primavera. Namun jika ingin mendapat sedikit sentuhan sporty di Primavera, kami menyediakan varian S. Kini masyarakat bisa memilih sesuai karakter masing-masing."

Nah, apa saja yang baru dari Primavera? Simak hal berikut:

 

Lampu

Lampu Vespa Primavera sudah menggunakan LED. (Oto.com)

Kedua varian sekarang sudah dibekali lampu LED. Bentuknya juga ikut berubah. Saat keadaan mati, mungkin Anda tak menyadarinya. Tapi ketika menyala, tersimak separator horizontal tepat di tengah headlamp bulat. Ini memisahkan antara lampu utama di bagian bawah dan high beam di atas. Pun pada stoplamp. Tertera alur bohlam LED membulat saat dinyalakan. Memang bukan ubahan besar, namun kami rasa berhasil membuat tampang Primavera lebih cantik. Selain itu, pencahayaan lebih baik dan hemat energi.

Pelek

Konfigurasi pelek 5-palang, kini tergantikan dengan model 10-palang. Kembali pada selera, tapi kami lebih suka yang baru. Kedua varian punya alur sama, namun terdapat perbedaan mendasar. Untuk yang basic, menggunakan kelir light grey dengan finishing glossy. Sedangkan, "S" lebih menarik. Perpaduan palang hitam dan alumunium brushed di bibir pelek memberikan kesan i

 

Pelek Vespa Primavera kini berganti menjadi palang 10. (Oto.com)

Warna dan Jok

Varian dasar kini terbagi dalam tiga kelir: Beige Eleganza, White Innocenza, dan Blue Energia. Khusus Blue Energia, jok diberi warna coklat terang. Sisanya, coklat tua dengan jahitan senada. Untuk yang sporty, juga terbagi dalam tiga pilihan kelir (Red Profondo Matt, White Innocenza, Black Vulcano). Seluruhnya menggunakan jok hitam dengan aksen jahitan putih.

Bodi

Sama persis dengan generasi sebelumnya, Primavera basic tak terlihat bersolek untuk urusan bentuk dan detil bodi. Namun pada varian S, sedikit dibedakan. Lis bodi, kisi-kisi klakson dan "jambul" spakbor depan, dilebur kelir dust grey dengan finishing brushed.

Selain hal di atas, sama persis dengan pendahulunya. Satu yang kami sayangkan, instrumen dengan layar full LCD harus absen. Padahal, di Eropa dan Amerika Serikat, Primavera S sudah mengadaptasi teknologi itu. Jika alasannya mempertahankan gaya klasik, kami rasa tak relevan. Mungkin, Piaggio Indonesia berusaha menjaga harganya tetap kompetitif. Untuk meminangnya, Primavera dibanderol Rp 43 juta OTR Jakarta. Sedangkan Primavera S sedikit lebih mahal di angka Rp 45,5 juta.

Sumber: Oto.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final Piala Presiden 2019: Persebaya Vs Arema

Posted: 06 Apr 2019 08:10 PM PDT

Jakarta Turnamen Piala Presiden 2019 telah mencapai partai puncak. Turnamen yang disiarkan secara langsung oleh Indosiar itu tinggal menyisakan dua tim asal Jawa Timur, Arema FC dan Persebaya Surabaya. 

Perjalanan kedua tim mencapai final tentu tak mudah. Arema dan Persebaya harus melewati adangan mulai fase penyisihan grup, perempat final, semifinal hingga akhirnya memastikan tampil di final.

Berbeda dengan Persebaya yang terbilang mulus saat menjalani penyisihan Grup A, Arema yang tergabung di Grup E justru terseok-seok di fase itu. Padahal, mereka berstatus tuan rumah.

Selanjutnya, kedua tim makin matang dan membuktikan diri pantas tampil di laga puncak dari pertandingan ke pertandingan yang mereka jalani.

Ada yang baru pada Piala Presiden 2019, yakni terkait format partai final. Pada penyelenggaraan edisi-edisi sebelumnya, laga puncak selalu digelar satu kali saja (single match) di tempat netral. Namun, mulai edisi 2019 ini, laga final akan digelar dalam sistem kandang dan tandang.

Format ini memberi kesempatan pada kedua klub untuk bergantian bermain di depan pendukung sendiri, sehingga pertandingan diprediksi akan lebih meriah. Apalagi, Arema dan Persebaya terkenal sebagai rival.

Keduanya punya nama besar, khususnya di pentas sepak bola Jawa Timur, dengan basis kelompok suporter yang juga sama besar. Tak ayal, duel Arema melawan Persebaya di final Piala Presiden 2019 ini bisa jadi tontonan mengasyikkan.

Agar tak ketinggalan menyaksikan pertandingan final Piala Presiden 2019, pembaca Bola.com bisa mengetahui jadwal selengkapnya, di bawah ini.

Sebagai catatan, untuk menentukan tim mana yang lebih dulu mendapatkan jatah menjamu lawan, diputuskan Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC) Piala Presiden 2019 melalui mekanisme drawing pada Sabtu malam (6/4/2019), sesudah laga leg kedua semifinal mempertemukan Madura United melawan Persebaya.

Hasilnya, Persebaya akan terlebih dulu menjamu Arema, dan selanjutnya bertandang ke markas Arema.

Seluruh pertandingan final Piala Presiden 2019 akan disiarkan secara langsung di Indosiar maupun dengan fasilitas live streaming.

Kapten Persebaya Surabaya, Rendi Irwan (kanan) mencoba melewati adangan pemain Arema FC, Hendro Siswanto pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (6/5/2018). Persebaya Surabaya menang tipis 1-0. (Bola.com/Aditya Wany)

Jadwal Final Piala Presiden 2019

Selasa (7/4/2019)

Persebaya vs Arema

Stadion: Gelora Bung Tomo, Surabaya

Jam: 19.30 WIB

Jumat (12/4/2019)

Live: Indosiar

 

Jumat (12/4/2019)

Arema vs Persebaya

Stadion: Kanjuruhan, Kabupaten Malang

Jam: 19.30 WIB

Live: Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Ketentuan dan Syarat Pengajuan Pindah Pencoblosan

Posted: 06 Apr 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan, memperpanjang pengajuan formulir A5 bagi para pemilik hak suara yang ingin melakukan perpindahan tempat pencoblosan Pemilu 2019 yang akan digelar 17 April. Perpanjangan waktu pengajuan formulir A-5 ini, diberlakukan hingga 7 hari sebelum masa pencoblosan atau 10 April 2019.

Ini sesuai Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 20/PUI-XVII/2019 dan surat edaran dari KPU RI nomor 577/PL.02.1-SD/01/KPU/III/2019/. Isinya, pengajuan formulir A5 di setiap KPU, diperpanjang hingga 10 April pukul 16.00 WIB.

"Dari putusan itu, juga menyebutkan empat ketentuan baru yang boleh dikeluarkan KPU kepada pemilih untuk pindah keluar atau pindah datang," kata Panitia permohonan formulir A4 KPU Tangsel Firman Firdaus, Sabtu (5/4/2019).

Pengajuan formulir A5 kali ini berbeda dengan sebelum adanya putusan MK. Yakni, pemilih yang masuk dalam kategori dengan keadaan tidak terduga, misalnya pemilih karena sakit. Kriteria lain, pemilih korban bencana alam, pemilih yang menjadi tahanan atau tersangkut pidana dan pemilih menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

"Jadi empat ketentuan baru tersebut, untuk pemilih, yang kini diakomodir untuk mengurus formulir A5," jelas Firdaus.

Serahkan ke PPS

Menurutnya, selain diajukan langsung ke Kantor KPU Tangsel, formulir A5 juga bisa diajukan di kantor Panitia Pemungutan Suara di Kelurahan asal pemohon, dengan membawa sejumlah kelengkapan seperti KTP pemohon.

"Jadi sebenarnya selain KTP, pemilih yang ingin mengajukan formulir A5 saat ini juga harus menyertakan surat penunjukkan dirinya tengah bertugas ataupun dalam keadaan tertentu," ucap dia.

Dijelaskan Firman, hingga saat ini baru ada 26 pemilih yang lolos dalam pengajuan pindah datang dan pindah keluar di KPU Tangsel.

"Berdasarkan putusan MK yang masuk kategori empat ketentuan tersebut, baru 26 pemilih yang lolos dalam pengajuan pindah datang dan pindah keluar," kata Firman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo: Mana Mungkin Kasih Uang ke 1 Juta Orang?

Posted: 06 Apr 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto menggelar kampanye akbar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Prabowo mengklaim pendukungnya yang hadir saat kampanye akbar itu melebihi 1 juta orang.

"Panitia berapa yang sudah dihitung hadir? Berapa kurang lebih? satu juta lebih," kata Prabowo, Minggu, (7/4/2019).

Prabowo pun bertanya kepada para pendukungnya yang hadir apakah mereka diberi uang untuk datang ke GBK.

"Saudara-saduara dikasih uang enggak ke sini? Bagaimana satu juta orang dikasih uang. Bahkan tadi di mobil saya yang dikasih uang oleh rakyat," ujar Prabowo.

Kampanye ini diawali dengan salat subuh berjamaah di lapangan GBK. Usai salat subuh dan salawat, Prabowo kemudian menyampaikan orasinya. Dia mengatakan selama 8 bulan berkeliling Indonesia untuk berkampanye, Prabowo mengaku melihat rakyat Indonesia ingin perubahan.

"Rakyat Indonesia sudah tidak mau dibohongi lagi. Rakyat Indonesia udah muak dengan korupsi. Rakyat Indonesia sudah muak dengan ketidakadilan. Rakyat Indonesia sudah tidak mau terima lagi hak-haknya diinjak-injak," ujar Prabowo.

Sehingga, kata dia, rakyat Indonesia saat ini menuntut pemerintahan yang memiliki akal sehat dan bekerja untuk rakyat. Untuk itu, Prabowo berterimahkasih kepada Tuhan karena punya kesempatan untuk membela rakyat Indonesia.

"Terima kasih ya Tuhan kau memberi saya kesempatan untuk membela rakyat saya, kau memberi sauya ksempatan dengan tokoh-tokoh mulia, kau berikan kepada saya untuk membela kebenaran dan keadilan. Terima kasih ya Tuhan kau berikan kepada saya untuk melawan angkara murka, untuk melawan ketidakadilan, untuk melawan pemimpin-pemimpin yang menipu rakyatnya sendiri," tabdas Prabowo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Kaji Pembangunan Bandara di Lahat Sumsel

Posted: 06 Apr 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat terkait rencana pembangunan bandara di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Dia mengatakan, dengan potensi sumber daya energi yang ada di Kabupaten Lahat maka perlu dilakukan koordinasi-koordinasi dari segi infrastruktur agar potensi tersebut dapat meningkat.

"Kita ketahui bersama, Lahat merupakan sumber energinya Sumatera Selatan maupun nasional. Lahat terkenal akan sumber energinya yaitu batu bara," ucap dia dalam keterangan tertulis, Minggu (7/4/2019).

Perihal pembangunan bandara di Kabupaten Lahat, ia menyatakan, Kementerian Perhubungan menunggu komitmen dari Pemkab Lahat untuk dapat menyediakan lahan bagi pembangunan bandara.

Jika lahan untuk konstruksi bandara sudah tersedia, sambungnya, maka selanjutnya Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan akan melakukan berbagai kajian kelayakan terhadap lahan tersebut.

"Ada inisiatif (Pemkab dan masyarakat) untuk membangun bandara, saya terima usulannya dan akan kita pelajari. Jika memenuhi syarat, kita akan segera bangun, supaya potensi yang ada di Lahat dapat berkembang dengan baik," ungkapnya.

Menhub Kembangkan Bandara Gatot Subroto Jadi Bertaraf Internasional

Menhub Budi Karya Sumadi memberi pemaparan dalam dialog Jelajah Kebangsaan di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/2). Dialog bertema 'Mengikuti Semangat Arek Surabaya dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Bandara Gatot Subroto Wai Kanan Lampung milik TNI Angkatan Darat kini telah melayani penerbangan komersial. Bandara ini rencananya akan digodok sebaik mungkin untuk menunjang fungsi operasinya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Bandara Gatot Subroto nantinya akan diperluas dan diperbaiki fasilitasnya hingga menjadi bandara besar bertaraf internasional seperti Raden Inten.

"Fasilitasnya akan diperbaiki, kargonya akan dibuat lebih bagus, tahun depan sudah diperluas (bandaranya)," ungkap Budi di Way Kanan, Sabtu (6/4/2019).

Budi menjelaskan, saat ini konektivitas masyarakat yang ada di Way Kanan dan sekitarnya masih terhambat karena tidak ada bandar udara yang memadai. Masyarakat sekitar harus pergi ke Raden Inten dahulu dan menempuh perjalanan darat selama 6 jam.

Oleh karena itu, pengalih fungsian lanud Gatot Subroto diharapkan dapat menjadi akses untuk mempermudah masyarakat bepergian serta memaksimalkan potensi pariwisata dan industri di Way Kanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Merasakan Sensasi Menginap di Museum Louvre, Begini Caranya

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia layanan sewa penginapan online, AirBnB, mengadakan kompetisi dengan menawarkan dua orang untuk merasakan pengalaman sekali seumur hidup menginap sehari semalam di museum karya seni terkenal di dunia, Museum Louvre di Paris.

AirBnB melakukan ini untuk memperingati 30 tahun ulang tahun Museum Louvre, dilansir dari Abcnews, Minggu (7/4/2019).

Jika kamu berminat mengikuti kompetisi tersebut, kamu hanya perlu menulis 800 kata yang menjelaskan mengapa kamu sangat berhak untuk mendapatkan kesempatan spesial yang luar biasa ini.

Nah, nantinya tulisan yang menarik dan berhak menjadi juara akan diumumkan pada 30 April 2019. Bagi pemenang, mereka akan mendapatkan beberapa pengalaman seru menginap di Museum Louvre Paris.

Makan Malam bersama patung terkenal Venus de Milo

Kompetisi ini akan mempersilakan satu pemenang dan seorang tamu untuk tidur di dalam piramida Museum Louvre.

Kesempatan lainnya adalah makan malam dengan ditemani patung terkenal Venus de Milo dan juga kesempatan untuk meminum minuman yang disediakan di depan lukisan paling terkenal di dunia, Lukisan Mona Lisa, sesuai dengan informasi yang disajikan di website AirBnB.

Bermalam dengan ratusan karya seni terkenal dunia

Museum Louvre yang terkenal di Paris ini adalah tempat beberapa hasil karya seni terbaik yang terkenal di dunia sepanjang sejarah, di antaranya lukisan "The Raft of The Medusa" karya Théodore Géricault, lalu lukisan "Liberty Leading The People" karya Eugène Delacroix dan yang paling terkenal adalah lukisan Mona Lisa karya Leonardo Da Vinci.

Dibangun oleh seorang arsitek bernama I.M. Pei, pembangunan Museum Louvre selesai pada tahun 1989.

Pengelola berharap semakin banyak orang yang akan mengunjungi museum

sumber: google.com

Anne-Laure Béatrix, Deputi Pengelola Umum Museum Louvre mengatakan bahwa kompetisi ini akan memberikan pemenang memenangkan kesempatan untuk bisa merasakan malam yang unik.

"Ini adalah mimpi dari banyak orang untuk bisa berjalan sendirian apda malam hari di dalam Museum Louvre. Ini adalah momen luar biasa yang tidak mungkin dapat dilupakan. Dengan bantuan dari AirBnb, kami berharap semakin banyak orang yang tertarik untuk datang mengunjungi koleksi kami. Kita harus membuat seni dapat dinikmati oleh siapa saja," kata Anne.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti kompetisi ini?

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Kain Endek Bali, dari Simbol Bangsawan hingga Penolak Bala

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Endek adalah satu dari sekian banyak kain asal Bali yang sekarang cukup umum didapati, khususnya di seantero Pulau Dewata. Seperti kain tradisional lain, kain endek Bali juga mengemban kisah dan makna di balik eksistensinya.

Dikutip dari buku Textiles in Bali karya Brigitta Hauser-Schaubin, Marie-Louise Nabholz-Kartaschoff, Sabtu, 6 April 2019, endek awalnya merupakan simbol bangsawan, lantaran hanya dipakai mereka yang berstrata sosial tinggi.

Seiring waktu, kain endek kemudan mula dipakai berbagai lapisan masyarakat. Permintaan pasar yang otomatis kian meluas membuatnya jadi penyelamat ekonomi lokal. Pasal, pengrajin endek biasanya merupakan perempuan, kebanyakan sudah berkeluarga, yang menjadikan penjualan kain tradisional ini sebagai penghasilan utama.

Ya, berbeda dengan kebanyakan pengrajin songket, pengrajin endek biasanya akan mengambil risiko dengan menyewa Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dan mulai pengerjaan kan tradisional tersebut di rumah.

Hal ini merupakan perpanjangan kain endek Bali yang mulai diproduksi secara masif di tahun 1930-an. Dengan material berupa cotton, desa-desa di Tabanan, bahkan Nusa Penida, semua ikut berpartisipasi dalam memproduksi kain endek.

Hingga akhirnya pemasaran dalam jumlah besar dimulai di Denpasar. Bukti perkembangan produksi adalah endek tak lagi dibuat dalam ukuran tertentu, namun lebih luas dengan sistem jual per meter.

Setelah merdeka, sekitar tahun 50-an, terdapat semacam workshop besar yang memproduksi kain endek di Gianyar. Tahun itu, tercatat ada tak kurang dari 160 titik penghasil kain endek Bali, baik secara workshop besar, maupun rumahan.

Kain Endek Bali dan Kepercayaan Menolak Bala

Kain Endek Bali. (dok. Instagram @dwipsanjaya70/https://www.instagram.com/p/BnqhK_iBDq-/)

Kain tak semata dipakai sebagai penutup tubuh di Bali. Kain juga dipakai untuk menghias tempat-tempat upacara di pura, rumah, maupun di pusat desa. Masyarakat Bali percaya bahwa ada kain-kain tertentu yang dapat berfungsi sebagai penolak bala. Kain endek asli seperti endek gringsing, endek cepuk, dan endek bebali, misalnya.

Ragam kain endek juga disebutkan memiliki fungsi sebagai penangkal bahaya wabah penyakit, bahkan kematian. Kain endek bermotif gringsing diyakini dapat digunakan sebagai penangkal wabah penyakit. Penggunaannya tak mesti sebagai kamben.

Tapi, bisa dalam bentuk kain sobekan kecil. Dengan catatan, sobekan tersebut tepat pada bagian motif yang disakralkan. Juga, kain endek dengan motif khusus hanya boleh digunakan pada upacara adat tertentu,

Endek sendiri telah lama dijadikan simbol ikatan tali persaudaraan. Kain dengan proses pembuatan tak sebentar, khususnya di tahap pewarnaan, ini mengemban simbol dan makna mendalam bagi masyarakat Bali.

Pasal, motif-motif endek di samping berupa geometris dengan ragam ukuran dan pola, serta motif bunga, juga berupa dewa dan tokoh-tokoh pewayangan yang lekat dengan kepercayaan warga lokal.

Perjalanan Kain Endek Bali hingga Hari ini

Kain Endek Bali. (dok. Instagram @tenunbali.arthadharma/https://www.instagram.com/p/BitB989nJSC/)

Produksi pertama kain endek Bali tercatat di akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 di daerah Buleleng. Awalnya kain dengan dominasi pola geometris dan bunga ini hanya dipakai di acara tertentu sebagai sarung, kemben, maupun selendang.

Merah yang merupakan hasil perpaduan deep purple dan brick red adalah warna dominan di masa-masa awal produksi kain endek, Baru pada tahun-tahun berikutnya, muncul penggunaan warna hijau dan oranye.

Seiring waktu, kain endek dipakai sebagai salah sau atribut beribadatan. Hal ini membuatnya mulai diproduksi makin besar. Inovasi, termasuk penambahan motif, pun mulai terjadi di produksi kain endek.

Selaras dengan fungsi sebagai pendukung upacara adat maupun keagamaan, motif endek berkembang jadi rupa dewa-dewa dan tokoh pewayangan Bali. Hingga pada tahun 1928, perubhahan teknik pembuatan paling esensial kain endek terjadi.

Kala itu, masuk Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang membuat pembuatan kain endek jadi lebih mudah, walau tetap memanfaatkan tenaga manusia sebagai penggerak utama. Bahan awal percobaan teknologi ini berupa pembuatan kain bermaterial sabut kelapa.

Hingga lambat-laun, kain endek mulai diproduki secara lebih besar dan sekarang telah jadi salah satu wajah kain tradisional khas Bali. Keberadaannya kian umum, bahkan sering kali jadi buah tangan turis.

Aplikasi akinnya juga sudah ke berbagai macam bentuk barang, termasuk sandal, dompet, clutch, bahkan tas. Motif-motif baru kain endek Bali pure merupakan kreativitas pengrajin lokal yang masih memproduksi kain ini dengan tangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Jauhi Atletico

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona meraih hasil positif untuk menjaga posisi atas klasemen Liga Spanyol. Ini setelah Azulgrana kalahkan Atletico Madrid 2-0 pada lanjutan Liga Spanyol pekan ke-31 di Camp Nou, Minggu (7/4/2019).

Barcelona saat ini menjauhi Atletico Madrid. Barcelona kini unggul 11 poin usai kemenangan atas rival terdekat mereka di klasemen Liga Spanyol.   

Gelar juara makin dekat dengan Barcelona karena pertandingan menyisakan tujuh laga lagi. Apalagi di sisa laga tersebut, Barcelona akan jumpa dengan lawan yang relatif mudah meski bukan untuk disepelekan.

Di sisi lain, Real Madrid memangkas jarak dengan Atletico di posisi ketiga klasemen Liga Spanyol. Kemenangan 2-1 atas Eibar cukup membantu Madrid untuk memangkas jarak dengan klub sekota mereka tersebut.

Barcelona masih melakoni tujuh laga lagi di Liga Spanyol. Beberapa lawan relatif lebih mudah untuk dikalahkan sehingga berpeluang amankan posisi atas klasemen Liga Spanyol.

 

Jadwal Liga Spanyol

Pemain Barcelona rayakan gol yang diciptakan Lionel Messi (Lluis Gene/AFP)

Klasemen Liga Spanyol

Klasemen Liga Spanyol pekan ke-31 (soccerway.com)

Jadwal Liga Spanyol

Jadwal siaran langsung Liga Spanyol akhir pekan ini:

 

Minggu, 7 April 2019

17.00 WIB, Deportivo Alaves vs Leganes (beIN Sports 2)

19.00 WIB, Getafe vs Athletic Bilbao (beIN Sports 2)

21.15 WIB, Real Valladolid vs Sevilla (beIN Sports 2)

23.30 WIB, Celta Vigo vs Real Sociedad (beIN Sports 2)

23.30 WIB, Levante SD Huesca (beIN Xtra)

Senin, 8 April 2019

01.45 WIB, Real Betis vs Villarreal (beIN Sports 2)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nanas Gambut, Si Manis Berair dari Pagaruyung Riau yang Diakui Jokowi

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Tahun 2015 menjadi hal tak terlupakan oleh masyarakat Desa Pagaruyung, Kecamatan Tapung Raya, Kabupaten Kampar, Riau. Kala itu, hampir 700 hektare lahan tidur berstruktur gambut hangus terbakar akibat diterpa musim kemarau panjang.

Kini, hamparan luas sejauh mata memandang itu sudah berjejer rapi nanas jenis moris. Berbeda dengan bekas lahan terbakar di Kota Dumai, nanas di Pagaruyung bukan menjadi tumpang sari tapi unggulan. Kelompok tani juga lebih suka menyebut nanas moris sebagai nanas gambut.

Masyarakat juga berinovasi membuat produk turunannya nanas seperti keripik nanas beragam rasa mulai dari balado, asam manis, original, dan bakar. Ada pula yang diolah menjadi dodol dengan rasa berbeda-beda.

Menurut warga bernama Roliya, usaha turunan nanas ini sudah dimulai sejak pertengahan 2018. Kala itu, nanas di lahan bekas terbakar sudah mulai panen. Beberapa nanas lalu disortir untuk diproduksi rumahan agar meningkatkan ekonomi.

"Masyarakat di sini dibantu oleh Badan Restorasi Gambut (BRG), anak saya juga ikut mengolah nanas ini," katanya kepada wartawan, Jum'at petang, 5 April 2019.

Roliya menjelaskan, olahan nanas ini sudah dipasarkan ke berbagai daerah. Kota Pekanbaru menjadi tujuan utama hingga akhirnya menjadi oleh-oleh khas Riau. Desanya lalu terkenal dengan nanas manisnya, selain Desa Kualu Nanas di Kecamatan Tambang, Kampar.

Untuk menarik perhatian pembeli, turunan nanas dikemas menarik. Sementara dodol masih berbungkus biasa dan ke depannya akan dikembangkan hingga bisa menjadi produk unggulan Desa Pagaruyung.

"Jadi masyarakat memang terbantu, apalagi di sini memang warganya banyak ikut kerajinan rumahan. Ada menenun juga," sebut Roliya.

Bersahabat Dengan Gambut

Nanas yang tumbuh subur di lahan gambut Desa Pagaruyung, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau. (Liputan6.com/M Syukur)

Sementara itu, Ketua Kelompok Masyarakat Nanas Jaya Pagaruyung, Mukidin, menyebut ada 300 hektare lahan di desanya ditanam nanas. Diapun menyatakan gambut sangat cocok ditanam nanas dibanding sawit.

Mukidin membandingkan nanas di desanya dengan yang ditanam di Kabupaten Siak. Karena ditanam di tanah mineral, nanas di Siak sedikit airnya dan rasanya kurang manis meski berukuran lebih besar.

"Bahkan nanas di sini sudah sampai ke Medan, Sumatra Utara. Di sini petani juga bisa menjaga lahan gambut, selalu dibasahi, kalau ada api langsung dipadamkan," jelas Mukidin.

Mukidin menjelaskan, satu hektare lahan gambut bisa ditanami 20 ribu batang nanas. Masa panennya tergantung besaran bibit, kalau batangnya besar bisa dipanen umur delapan bulan dan batang kecil hingga setahun.

Nanas moris berkarekteristik sama dengan pohon pisang. Ketika pohon induk mulai muncul buah, sisi batang lainnya mulai bertunas memunculkan bibit nanas baru sehingga ketika panen petani tak mengulang penanaman.

"Bisa berkali-kali berbuah jadinya dengan satu induk, itu keuntungannya juga. Tiba masa panen, tengkulak yang datang ke sini karena nanas di gambut dikenal dengan kemanisannya," ujar Mukidin.

Keuntungan nanas gambut juga tergantung permintaan di pasaran. Kalau lagi musim, harganya bisa turun drastis, dan kalau permintaan banyak sementara persediaan kurang maka harganya bisa tinggi.

Penjualan nanas dikenal dengan sistem gandeng. Satu gandeng terdapat dua buah nanas dengan harga Rp 7 ribu. Nilai ini sudah memberi keuntungan kepada petani berkisar antara Rp 3 ribu hingga Rp 4 ribu.

"Kemudian ada yang disortir atau misalnya gak laku di pasaran, maka diolah menjadi keripik ataupun dodol. Jadi petani gak kebingungan karena pasti terjual juga jadinya," kata Mukidin.

Untuk bibit nanas, Mukidin menyebut dibantu oleh BRG. Petani juga dibimbing membersihkan lahan tanpa membakar, begitu juga tata kelola air dengan sekat kanal hingga sumur bor.

"Pupuknya juga, begitu juga obat yang membantu nanas cepat berbuah," ucap pria berumur 63 tahun ini.

Rasanya Diakui Jokowi

Kepala BRG Nazir Foead bersama perwakilan kelompok tani Desa Pagaruyung memetik nanas gambut. (Liputan6.com/M Syukur)

Terpisah, Kepala BRG Nazir Foead menyebut manisnya nanas moris di gambut sudah diakui Presiden Joko Widodo. Nanas ini dicicip Jokowi dalam pekan hasi pertanian di Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Jadi saat Presiden memakan nanas gambut ini, kata Presiden ini manis, beda rasanya. Saat itu saya bilang ini nanas gambut dari Riau," kata Nazir.

Nazir menjelaskan, program menanam nanas di gambut merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat. Masyarakat diajar membuka lahan pertanian di gambut tanpa membakar, membuatnya produktif dan membantu perekonomian.

Masyarakat juga diajari membuat tata kelola air di gambut agar tidak kering ketika kemarau menyapa. Beberapa di antaranya membuat kanal dan sekat pengatur ketinggian air serta sumur bor sebagai cadangan air.

"Jadi sejak ditanam nanas lahan di sini tak pernah terbakar lagi, ada 300 hektare ditanam. Program ini tak hanya di Tapung, di beberapa kabupaten lainnya juga," jelas Nazir.

Untuk mengembangkan produk turunan nanas, BRG sudah mengontak salah satu perusahaan di Jakarta. Nantinya masyarakat Pagaruyung akan diajari membuat kemasan keripik nanas lebih menarik, begitu juga dengan kehigienisannya.

"Diusahakan juga agar terdaftar di kementerian kesehatan agar keripik nanas menjadi pilihan konsumsi masyarakat kota, begitu juga dengan nanasnya karena sangat manis," imbuh Nazir.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Nyeri, Ini Perubahan pada Payudara Saat Haid

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon yang terjadi pada wanita saat haid alias menstruasi turut memengaruhi kondisi payudara. Nyeri pada payudara salah satu hal yang sering diungkapkan para wanita ketika haid datang.

Rasa nyeri ini terjadi karena adanya perubahan hormon estrogen yang salah satu dampaknya akan membuat payudara  jadi lebih sensitif sehingga terasa sangat nyeri terutama jika disentuh. Selain itu, dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah perubahan yang biasanya terjadi pada payudara ketika haid:

- Bertambah Besar

Selain munculnya rasa nyeri, hal lain yang tampak adalah ukuran payudara yang lebih besar dibanding biasanya. Perubahan ini terjadi karena ada fluktuasi hormon yang membuat kelenjar lemak dalam payudara akan mengembang.

 

- Perubahan tekstur

Ilustrasi Payudara (Istockphoto)

Tak hanya dari ukuran, tekstur payudara pun jadi lebih lembut. Perubahan tekstur payudara yang lebih lembut dari biasanya ini juga disebabkan oleh perubahan hormon.

Tiga perubahan tersebut merupakan hal yang umum dialami oleh payudara ketika masa menstruasi tiba. Walaupun hal ini terasa tak nyaman, namun perubahan ini merupakan hal yang tidak berbahaya dan normal terjadi tiap bulannya.

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dulu Sailormoon, Kini Vicky Prasetyo Panggil Anggia Chan Nenek Gayung

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Vicky Prasetyo mengumumkan kandasnya hubungan asmara dengan Anggia Chan. Hal ini lantas menimbulkan dugaan adanya aroma rekayasa alias setting-an.

Meski begitu, Vicky Prasetyo tak mau ambil pusing dengan tuduhan yang menyebut hubungannya dengan Anggia Chan hanya rekayasa. Dia tak lagi merasa aneh dengan berbagai tudingan kepadanya.

"Kalau itu sudah tidak aneh, gue nikah setting-an, mantan istri gue kemarin hamil setting-an, cerai settingan, penggerebekan setting-an, punya pacar setting-an, jadi mau apa," kata Vicky Prasetyo di Jakarta, Jumat, 5 April 2019.

Hubungan Vicky Prasetyo dan Anggia Chan memang baru seumur jagung. Namun mereka sudah bertunangan. Vicky Prasetyo bahkan berencana menggelar pernikahan lebih unik dari prosesi terjun ke laut --saat menikahi Angel Lelga.

Vicky tak akan menyoal tudingan rekayasa itu. Tapi pria asal Bekasi ini menegaskan tidak pernah membuat kisah rekayasa. Semua sudah diatur oleh Tuhan.

Nenek Gayung

Anggia Chan dan Vicky Prasetyo (Istimewa)

"Orang menganggapnya sudah itu dan itu memang real, memang setting-an, gue bilang iya. Tapi itu setting-an dari Tuhan tentang kehidupan kita," katanya.

"Jadi pendapat mereka tentang apapun penilaiannya kita serahkan kepada masyarakat dan netizen. Tapi bagiku tetaplah aku harus respect sama mantan pasangan aku, Anggia, karena pernah menjadi Nenek Gayung di hati aku," tuturnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Pramugari Ngerap saat Memberikan Instruksi Keselamatan

Posted: 06 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pramugari Southwest Airlines memberikan instruksi keselamatan dengan ngerap. Momen unik ini terjadi pada penerbangan dari Los Angeles menuju Utah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: