Senin, 22 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Demi Kemajuan Kendaraan Listrik, Pemerintah Siap Beri Dukungan Penuh

Posted: 22 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mendukung penuh langkah Blue Bird Group dalam mengaplikasikan layanan taksi berbasis mobil listrik. Salah satunya adalah dengan memberikan insentif berupa penghapusan bea masuk dan PPNBM, hingga diskon pengisian listrik sebesar 30 persen.

"Insentif memang diberikan karena kami ingin mendorong mobil listrik ini karena dampaknya besar sekali. Jadi saya juga ingin melihat Indonesia itu maju," terang Manteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan saat peluncuran e-Taxi Bluebird, Senin (23/4).

Lebih lanjut Luhut mendorong Blue Bird Group untuk berinvestasi baik dari sisi baterai lithium atau mobil listrik. "Mobil listriknya bisa dengan Hyundai, atau bisa dengan mana saja. sehingga kita bisa punya produk dalam negeri sendiri," katanya.

Seperti diketahui, Hyundai memang berencana untuk membangun pabrik di Indoesia. Jika berjalan sesuai rencana, pabrik tersebut mulai beroperasi pada 2020.

Luhut juga menyinggung pabrik baterai lithium di Morowali. Pabrik ini akan menjadi modal bagi Indonesia untuk menjadi pemain utama di industri mobil listrik global.

"Kita sudah temukan material dari baterai lithium di Indonesia mungkin antara 60-65 persen, ada nikel dan kobalt dan sekarang sudah diproses di Morowali," ujarnya.

 

Selanjutnya

Dirinya menyebut, pabrik baterai di Morewali sempat diributkan lantaran banyak mempekerjakan tenaga kerja asing.

"Pabrik ini banyak diributin karena dibilang banyak orang Cina-nya. Padahal orang Cina-nya cuma berapa tapi tenaga kerjanya sudah hampir 40 ribu. Pekerja Tiongkok-nya paling cuma 2.900 orang tapi mereka itu ahli-ahli yang kita butuhkan dan sekarang bertahap kita bikin transfer teknologi," luhut menambahkan.

Lebih lanjut ia menyebutkan, ketahanan energi saat ini penting karena impor energi Indonesia hampir mencapai Rp330-350 triliun setahun. "Jadi itu membuat current account devisit kita enggak baik," imbuhnya.

"Kalau targetnya ke depan (Bluebird) tambah 2000 unit (mobil listrik), kalau bisa tambah lagi. Kalau bisa bertahap, bertingkat, berlanjut dan kalau bisa secara bertahap nanti bisa menggunakan lokal konten," sambung Luhut.

 

Selanjutnya

Dirinya menegaskan, apa saja yang bisa membuat laju pertumbuhan kendaraan listrik berjalan maka pemerintah akan terus memberikan dorongan.

"Pokoknya apa saja yang bisa membuat jalan, kami akan dorong. Mobil listrik ini sebagai awalan sebagai angkutan umum nanti sepeda motor saya sudah usul ke Presiden juga dan Menteri Keuangan nanti kalau ada pengadaan sepeda motor di APBN, eloknya sudah menggunakan sepeda motor listrik buatan dalam negeri sehingga market bisa jalan lagi,"

"Kita harus membangun nasionalisme, jangan dibilang kita mau menjual negeri ini ke orang lain. Tidak akan pernah itu terjadi,"

"Jadi kami ingin betul-betul menekankan tidak akan pernah terjadi bahwa kita akan menjual negeri ini, justru kita sedang transfer teknologi sehingga dengan begitu nanti itu adalah buatan dalam negeri. kita akan menjadi pemain global dalam bidang mobil listrik," tutup Luhut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratusan Anggota Geng Motor Bentrok dengan Puluhan Polisi Baru Lulus

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Polisi menangkap anggota geng motor diduga perusak kaca dan kendaraan parkir di Rumah Sakit (RS) Syafira, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Beberapa pelaku juga diduga menyerang dan menikam tiga polisi yang bertugas di Mapolda Riau.

Mereka yang ditangkap adalah Fb, AA, GM, dan BI. Dua nama paling awal dijerat dengan pasal perusakan dan penikam polisi, sementara dua sisanya dijerat sebagai perusak fasilitas di RS Syafira.

Menurut Kapolresta Pekanbaru Komisaris Besar Susanto, dua pria berinisial Aa dan Re telah ditetapkan jadi buronan karena ikut membuat tiga personel Polda Riau dirawat inap.

"Keberadaannya masih dilacak oleh petugas karena menjadi otak penyerangan," kata Susanto di Mapolresta Pekanbaru, Senin, 22 April 2019, siang.

Pria dipanggil Santo ini menjelaskan, kejadian bermula ketika sejumlah personel Polda Riau lepas dinas nongkrong di kawasan MTQ Pekanbaru, Sabtu malam, 20 April 2019. Saat bersamaan, pelaku yang tergabung dalam geng motor Lanang-Lanang Nekat (L2N) melintas di sana pukul 23.00 WIB.

Entah apa pemicunya, kedua kelompok ini ribut. Batu dan kayu beterbangan karena keduanya saling serang hingga akhirnya mereda setelah dilerai masyarakat sekitar.

Beberapa jam kemudian, geng motor L2N yang jumlahnya sudah mencapai ratusan orang menjumpai personel polisi tadi di Gedung Olahraga Gelanggang Remaja, Jalan Jenderal Sudirman. Keributan tak bisa dihindari lagi.

Sejumlah anggota geng motor ini ada yang membawa pisau dan kayu balok panjang. Abdul Aziz, Febrianto, Aan dan Re memberi komando menyerang oknum polisi tadi, hingga tiga di antaranya terkena tusukan.

"Terkena luka tusukan di kaki dan tangan, ada tiga anggota (polisi) terluka. Anggota yang luka dibawa rekannya ke rumah sakit tersebut," jelas Santo.

Perangi Geng Motor

barang bukti berupa kayu dan batu yang disita dari geng motor penikam polisi di Pekanbaru. (Liputan6.com/M Syukur)

Mengetahui lawannya dirawat di RS Syafira, ratusan anggota geng motor ini lalu mengamuk di sana. Kaca di jendela, pintu, dan kendaraan parkir menjadi sasaran hingga rusak berat.

"Yang terlibat pengrusakan adalah Fitur, G, dan B, sisanya masih dicari," ucap Santo.

Santo menyatakan tidak ada kompromi terhadap geng motor bertindak anarkis di Pekanbaru. Pihaknya juga masih mendalami apakah geng motor ini terlibat beberapa kejahatan lainnya di Pekanbaru.

"Tidak ada ruang bagi geng motor anarkis, kami hanya membina komunitas motor untuk ketertiban lalu lintas, kalau sudah menganggu keamanan dan ketertiban, akan ditindak," tegas Santo.

Tak hanya geng motor, Polresta juga menyebut pihaknya mendalami apa tujuan sejumlah personel polisi berkumpul di lokasi itu. Pihaknya juga mendalami apakah anggota yang berkumpul memakai baju dinas.

"Untuk hal ini sedang diselidiki oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Riau, sejauh mana keterlibatan mereka dalam bentrokan ini," ucap Santo.

Santo menambahkan, anggota geng motor bernama AA bukan orang baru dalam kejahatan jalanan. Dia pernah terlibat sejumlah keributan dan baru keluar dari penjara karena terlibat pencurian sepeda motor.

Cerita Versi Lain

Empat anggota geng motor L2N ditangkap karena menyerang dan menikam polisi. (Liputan6.com/M Syukur)

Sebagai informasi, polisi yang terlibat bentrok dengan geng motor ini baru lulus dari sekolah kepolisian negara. Hal itu dilihat dari pangkat kedinasan yang masih menyandang Brigadir Dua (Bripda).

Para Bripda yang mengalami korban luka adalah FN (mengalami luka tusuk benda tajam dilutut paha kanan), JH (luka tusuk di lengan sebelah kiri) dan RS (luka tusuk tangan sebelah kiri).

Data lain dihimpun, kejadian bermula ketika ketiga korban berkumpul bersama 20 rekannya berkendara menuju MTQ, Jalan Jenderal Sudirman dari Jalan Kaharuddin Nasution untuk membeli makanan.

Setibanya di MTQ, korban berjumpa dengan 20 anggota geng motor tadi, lalu melempari mereka dengan batu karena dikira geng motor juga. Korban dan rekannya tadi berhenti dan langsung dikepung geng motor tadi.

Korban dan rekannya berhasil lolos lalu meminta pertolongan kepada teman lainnya di Polda. Sekitar pukul 01.00 WIB, korban dan temannya, diperkirakan berjumlah 100 orang lebih, berkumpul di GOR Gelanggang Remaja.

Beberapa menit kemudian, datang geng motor tadi dengan jumlah lebih besar dan membawa senjata tajam. Keributan tak terhindari hingga tiga polisi terluka dan geng motor tadi melarikan diri begitu mengetahui lawannya adalah polisi.

Beberapa polisi luka dibawa ke RS Syafira. Selanjutnya pukul 03.00 WIB, puluhan anggota geng motor tadi datang lalu merusak kaca dan kendaraan terparkir di sana, kemudian melarikan diri.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dijual Online, SBR Seri 006 Laku hingga Rp 2,25 Triliun

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan baru-baru ini menerbitkan surat utang negara atau Savings Bond Ritel (SBR) seri 006. Sasaran penjualan surat utang ini sebagian besar adalah generasi millenial.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, penjualan SBR006 telah mencapai Rp 2,25 triliun. Angka ini di atas target penjualan yang telah ditetapkan yaitu Rp 2 triliun.

"Sampai dengan penutupan kemarin SBR 006 itu telah mencapai kurang lebih Rp 2,2 triliun hingga Rp 2,25 triliun sekian pencapaiannya, itu lebih dari target kita sebesar Rp 2 triliun," ujar Luky di Kantor Kemenkeu, Jakarta, ditulis Selasa (23/4/2019).

Luky mengatakan, penjualan SBR006 didominasi oleh generasi millenial sebesar 46 persen. Capaian ini sesuai dengan target Kemenkeu, di mana penjualannya juga telah dipermudah melalui sistem online.

"Jadi sesuai dengan target kita dengan memasarkan dengan online. Itu Alhamdulillah bisa menarik memang generasi millennials tadi untuk berpartisipasi membeli SBN Ritel kita yaitu SBR006," tandasnya.

 

Untuk Investor Individu

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melakukan penjualan instrumen investasi Surat Utang Negara (SUN) ritel melalui Saving Bond Ritel (SBR) seri SBR006 kepada investor individu secara online (e-SBN). Adapun minimum pemesanan SBR006 ini mulai dari Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kemenkeu, Loto Srinita Ginting, mengatakan penerbitan SBR006 ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mempermudah akses masyarakat berinvestasi di SUN ritel.

Di samping itu, juga untuk memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019.

"Pertama yang harus di tekankan adalah SBR yang saat ini ditawarkan dengan seri SBR006 instrumen investasi yang ditawarkan pemerintah kepada investor individu. SBR ini investasi yang ditawarkan hanya kepada warga negara indonesia. Kita beruntung pemerintah hanya memberikan kepada dalam negeri," katanya dalam peluncuran SBR006 di Jakarta, pada Senin 1 April 2019.

 

Bunga 7,95 Persen

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam penawaran ini, pemerintah memberikan tingkat kupon SBR006 sebesar 7,95 persen per tahun dengan waktu jatuh tempo pada 10 April 2021 atau mempunyai masa jatuh tempo dua tahun saja. Kupon dibayarkan setiap bulan dan besarannya mengambang (floating) dengan batas minimum yang di-review tiap tiga bulan. Pembayaran kupon akan dilakukan setiap tanggal 10 setiap bulannya.

"Kupon tadi ada batas minimal maksudnya jadi waktu ditetapkan kupon 7,95 persen acuannya adalah pada saat BI Rate 6 persen. Apabila suku bunga acuan BI naik maka akan menyesuaikan kenaikannya. Sementara kalau BI Rate turun tidak menyesuaikan artinya masih di angka 7,95 persen," katanya.

Loto mengatakan, pembukaan masa penawaran seri SBR006 dilakukan mulai hari ini 1 April. Selanjutnya, penutupan masa penawaran dilakukan pada 16 April mendatang. Penetapan hasil penjualan akan dilakukan pada 22 April dan setelmen pada 24 April.

 

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twice Comeback 'Fancy' dengan Citra Baru, Ini Alasan di Balik Gebrakan Konsepnya

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta April menjadi bulannya comeback dari para idola K-Pop papan atas. Sebut saja BLACKPINK membuka bulan April dengan merilis Kill This Love. Di pertengahan bulan, ada BTS yang menyemarakkan dengan lagu Boy With Luv. Pada Senin (22/4/2019), giliran TWICE yang resmi merilis album baru.

Akhirnya setelah dinanti-nantikan, grup K-Pop besutan JYP Entertainment, TWICE comeback dan kali ini mengusung konsep baru. Album itu digadang-gadang sebagai gebrakan bagi TWICE, yang selama ini identik dengan imaje cewek yang polos dan imut.

Sebelumnya TWICE telah mengabarkan akan comeback dengan mini album terbaru mereka berjudul Fancy You dan lagu utama Fancy. Menandai comebacknya TWICE, grup yang mulai debut sejak 2015 ini merilis music video Fancy pada pukul 16.00 WIB atau pukul 6 sore waktu Korea Selatan.

Mengusung Konsep dan Citra Baru

Twice Fancy (sumber: allkpop)

Lewat klip musik Fancy, member Twice muncul dengan citra baru. Mereka mengenakan busana serba hitam dan glamor serta koreografi yang lebih sulit dari sebelumnya. Belum lagi, banyak efek visual di klipnya, dengan lampu-lampu gemerlapan yang menambah aksen retro. Dalam konsep MV kali ini mengambil setting di tengah berdisko di kelab malam. Hal ini benar-benar menghilangkan citra mereka sebelumnya. Biasanya TWICE mendendangkan lagu pop yang easy listening. Alih-alih, kali ini mereka tampil dengan imaje yang lebih dewasa.

Dahulu TWICE juga terkesan seperti girl-crush dengan konsep warna-warni pastel ceria. Meski demikian, Fancy tetap terdengar 'catchy.' Itulah yang membuat penggemar tetap suka mendengarkan TWICE membawakan konsep baru mereka. Selain Fancy, mini album Fancy You terdiri dari lima lagu lain berjudul Stuck In My Head, Girls Like Us, Hot, Turn It Up, dan Strawberry.

Usai meluncurkan Fancy You, TWICE akan melanjutkan perjalanan dengan tur dunia. Mereka bakal ke Bangkok Thailand pada 15 Juni mendatang, dilanjutkan tampil di Manila Filipina pada 29 Juni dan terakhir di Asia, mengunjungi Singapura pada 13 Juli. Setelah itu mereka akan tampil di Los Angeles pada 17 Juli, Meksiko 19 Juli, Newark 21 Juli, dan Chicago 23 Juli.

Alasan TWICE Mengubah Citra Baru

Twice Fancy (sumber: allkpop)

Twice terlihat mengusung konsep baru yang lebih dewasa. Saat menghadiri jumpa media yang digelar bertepatan dengan hari comeback mereka, Jihyo dan kawan-kawan juga sempat membicarakan mengenai alasan mengapa mereka merubah citra baru. "Sebelum ini, kami selalu menyajikan konsep yang ceria, tapi kami juga ingin memperlihatkan kedewasaan kami," tutur Jihyo Twice, seperti yang Liputan6.com lansir dari Soompi, Selasa (23/4/2019).

Namun, Jihyo ingin Twice tetap mempertahankan ciri khas mereka. "Kami juga berusaha keras untuk tak meninggalkan penampilan kami yang penuh energi," tuturnya. Sementara itu Nayeon Twice menyebutkan bahwa perubahan ini bukan demi penilaian publik. "Target terbesarku, ketimbang mendengar bahwa 'Twice telah bertransformasi', aku ingin bisa memperlihatkan bahwa kami bisa membawa kembali energi Twice tapi dalam konsep yang berbeda," terangnya.

Twice tentu saja mengharapkan kesuksesan dari lagu terbaru mereka ini. Apalagi enam bulan lalu, lagu "Yes or Yes" milik mereka meraih posisi jawara di Melon. "Saat ini ada banyak artis senior yang kuat (di tangga lagu), tapi kuharap kita bisa duduk di posisi pertama, setidaknya selama satu jam," tutur Jihyo Twice.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bawaslu Jabar Santuni Keluarga Petugas TPS Yang Meninggal

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat datangi keluarga almarhum Ganjar Faturahman, petugas TPS berusia 28 tahun yang meninggal saat sedang jalankan tugas sebagai petugas TPS di Baleendah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selfie dengan Penjaga Hutan, Gorila Berpose Seperti Manusia Bikin Heboh Warga

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selfie nampaknya menjadi hal yang gemar dilakukan oleh banyak orang saat ini. Namun nampaknya tak hanya manusia, hewan pun kini juga ikut keranjingan selfie.

Baru-baru ini viral beberapa foto yang menunjukkan dua ekor gorila berpose ketika sedang selfie bersama penjaga mereka. Dikutip dari Elitereaders, foto tersebut diunggah oleh akun Facebook 'The Elite AntiPoaching Units and Combat Trackers".

Foto tersebut diambil oleh petugas Taman Nasional Virunga di Kongo bernama Mathieu Shamavu. Taman Nasional ini merupakan tempat konservasi gorila pertama di Afrika. Pada foto itu Shamavu berpose dengan Ndakasi dan Matabishi, dua gorila yang diselamatkan sejak kecil usai induknya dibunuh oleh pemburu.

 

Foto ini viral lantaran dua gorila tersebut berpose dengan meniru gaya manusia ketika diajak berswafoto oleh Shamavu. Pada satu foto dua gorila itu bahkan terlihat berdiri dengan dua kaki dan bergaya layaknya manusia pada umumnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Curi Perhatian Warganet

gorila bergaya seperti manusia saat selfie (foto: FB The Elite AntiPoaching Units and Combat Trackers)

Sontak saja aksi dua gorila tersebut mencuri perhatian banyak warganet. Tak sedikit yang mengaku senang melihat momen hangat tersebut.

"Foto yang keren, sangat senang melihat bagaimana gorila-gorila tersebut sangat nyaman berada di dekatmu. Mereka tahu bahwa kamu melindungi mereka seperti kamu melindungi keluargamu," komentar seorang pengguna Facebook.

"Wow, itu adalah "kantor" yang sangat luar biasa. Stay safe dan terima kasih telah menjaga mereka (gorila)," komen warganet lain.

Taman Nasional Virunga memiliki setidaknya 600 penjaga yang telah menjalani berbagai training. Mereka dilatih sangat keras bahkan harus menerima resiko kehilangan nyawa agar mampu menjaga keamanan para satwa di sana.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas dalam Teror Bom Sri Lanka Bertambah hingga 310 Orang

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kolombo - Jumlah korban tewas akibat teror bom pada Minggu Paskah di Sri Lanka, kini telah mencapai 310 orang. Beberapa dari mereka meregang nyawa setelah mengalami luka-luka kritis, lapor juru bicara kepolisian setempat.

"Sekitar 500 orang terluka dalam ledakan itu," kata jubir Kepolisian Sri Lanka, Ruwan Gunasekera, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Selasa (23/4/2019).

Dia menambahkan bahwa 40 orang sekarang ditahan sehubungan dengan serangan itu.

Serangkaian pemboman terkoordinasi telah mengguncang gereja dan hotel di Sri Lanka, menewaskan lebih dari 300 orang pada perayaan Minggu Paskah di negara pulau Asia Selatan itu.

Lebih dari 500 orang terluka dalam serangan terburuk sejak berakhirnya perang saudara 10 tahun lalu.

Ledakan itu menargetkan empat hotel, termasuk Shangri-La, Kingsbury dan Cinnamon Grand di ibu kota Kolombo.

Hampir semua korban adalah warga negara Sri Lanka, dan puluhan lainnya merupakan warga asing.

Tidak ada klaim tanggung jawab atas serangan itu, tetapi juru bicara kabinet dan menteri kesehatan Sri Lanka, Rajitha Senaratne, menuduh pelaku pemboman berasal dari sebuah kelompok ekstremis lokal yang kurang dikenal, National Thowheeth Jamath.

Kebijakan Darurat Pemerintah Sri Lanka

Ambulans terlihat di luar Gereja St Anthony's Shrine setelah ledakan di Kochchikade, Kolombo, Sri Lanka, Minggu (21/4). Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena menyatakan mengatakan bahwa investigasi tengah berlangsung. (ISHARA S. KODIKARA/AFP)

Pemerintah Sri Lanka telah menetapkan kondisi darurat guna menjaga keamanan selama petugas berwenang melakukan penyelidikan atas teror bom di ibu kota Kolombo.

Presiden Maithripala Sirisena membuat deklarasi yang memberikan pasukan keamanan kekuatan khusus, termasuk hak untuk mencari dan menangkap individu.

Sri Lanka juga menetapkan 23 April sebagai hari berkabung nasional, sebuah keputusan yang diambil selama pertemuan Dewan Keamanan Nasional yang diketuai oleh Presiden Sirisena.

Di lain pihak, militer Sri Lanka diberi wewenang lebih luas untuk menahan dan menangkap tersangka teror bom. Kebjakan ini sebelumnya pernah diterapkan selama perang saudara, namun ditarik kembali pasca-perdamaian satu deakade lalu.

Namun, ditegaskan oleh juru bicara kepresidenan setempat, bahwa kebijakan itu terbatas pada urusan terorisme, dan tidak akan melanggar kebebasan berekespresi.

Minta Bantuan Penyelidikan Asing

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Presiden Maithripala Sirisena telah meminta bantuan asing untuk melacak dukungan kelompok ekstremis internasional terkait pemboman Minggu Paskah.

"Laporan intelijen (menunjukkan) bahwa organisasi teroris asing berada di belakang teroris lokal. Oleh karena itu, presiden akan mencari bantuan dari negara-negara asing," katanya dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, organisasi polisi kriminal internasional Interpol mengatakan pihaknya telah mengerahkan tim penyelidik, termasuk para ahli dalam identifikasi korban bencana, ke Sri Lanka untuk membantu pihak berwenang setempat.

Tim Respon Insiden, yang dikirim atas permintaan pihak berwenang setempat, juga termasuk spesialis dengan keahlian dalam "pemeriksaan TKP, bahan peledak, dan kontra-terorisme", kata Interpol dalam sebuah pernyataan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makan di Restoran Mahal, Baim Wong Bayar Pakai Uang Pecahan Rp 2 Ribu

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong kembali membuat konten YouTube yang mengundang tawa. Sasarannya kali ini adalah restoran mahal. Ada dua restoran mahal yang disambangi Baim Wong, yakni restoran sate dan makanan Jepang.

Rencana Baim Wong, ia akan mengerjai kasir di dua restoran tersebut dengan memesan banyak makanan. Kemudian, ia akan mengagetkan kasir restoran karena membayar dengan uang kertas pecahan Rp 2 ribu.

"Sekarang kita mau prank Sate Senayan. Kita makan dulu sebelum kita kerjain mereka semua," kata Baim Wong di kanal YouTubenya, Selasa (23/4/2019).

Di restoran tersebut, Baim Wong mengajak serta sang istri, Paula Verhoeven, untuk mengerjai para kasir.

 

 

 

 

Sadar Dikerjain

Baim Wong dan kucingnya. (dok.Instagram @baimwong/https://www.instagram.com/p/Bvve6G_HYoE/Henry

Respon kasir yang ditunggu-tunggu pun terjadi. Kasir restoran yang menerima uang dari Baim Wong dibuat kaget. "Hitung dulu ya (uang pecahan dua ribu rupiah yang diberikan Baim)," sahut Baim Wong.

Dia melihat ada tiga kasir yang menghitung tiga gepok uang pecahan 2 ribuan. Tampak sang kasir pun sampai menghitung berkali-kali agar tidak salah.

"Dia ngitung lagi," kata Baim Wong kepada salah seorang kasir.

 

Tertawa

(Instagram/baimwong)

Baim Wong kemudian mengeluarkan kartu debit untuk membayar makanannya. Padahal, kasir restoran tersebut nyaris menyelesaikan hitungan pecahan uang Rp 2 ribu yang diberikannya. 

Bukannya marah, para kasir tersebut tertawa melihat ulah iseng Baim Wong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cuma di Negara Ini, Komentar di Media Sosial Harus Pakai Nama Asli

Posted: 22 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di Austria, anonimitas sepertinya tak akan lagi berlaku bagi para media sosial.

Pasalnya, pemerintah negara tersebut tengah menyiapkan aturan yang mewajibkan pengguna media sosial mendaftarkan nama asli dan alamat di situs-situs yang terdaftar, sebelum mereka akhirnya bisa ikut berkomentar di media sosial.

Aturan ini tak hanya berlaku bagi media sosial, tetapi juga situs-situs lain yang memiliki kolom komentar.

Namun, ada beberapa situs yang mendapat pengecualian, seperti situs e-Commerce dan situs yang tidak dapat pemasukan dari iklan atau konten yang mereka hasilkan.

Jika diizinkan Uni Eropa, aturan ini baru akan diterapkan mulai 2020 mendatang.

Memang, pengguna masih bisa menggunakan nickname di media sosial, tetapi pihak berwajib akan dengan mudah menemukan mereka jika melakukan pelanggaran hukum karena nickname juga diikuti dengan nam asli dan alamat yang terdaftar. Demikian dikutip Engadget pada Selasa (23/4/2019).

Jika ada perusahaan pemilik situs yang tidak mau mematuhi aturan ini, mereka akan dikenakan denda sebesar 500 ribu euro, atau dua kali lebih besar jika pelanggaran dilakukan lagi.

 

Tak Semua Perusahaan Terdampak

Ilustrasi Facebook - Media sosial (Foto: Unsplash.com/William Iven)

Meski begitu, tidak semua perusahaan akan tedampak aturan baru ini.

Nantinya, yang wajib mengikuti aturan hanyalah perusahaan dengan jumlah pengguna lebih dari 100 ribu saja dan punya pemasukan lebih dari 500 ribu euro per tahun, atau menerima subsidi lebih dari 50 ribu euro.

Walau tujuannya berpotensi untuk menekan peredaran konten hate speech dan hoaks, aturan tersebut juga dianggap bisa membuat pengguna takut untuk berpendapat di ranah maya.

Terlebih jika membicarakan masalah keamanan data, karena kalau database pengguna diretas, pasti akan sangat banyak informasi pribadi yang berisiko jatuh ke tangan yang tidak diinginkan.

Membatasi Penggunaan Media Sosial Bisa Bikin Hidup Lebih Baik

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Studi mengenai hubungan antara pemakaian media sosial dan kesehatan mental sudah dilakukan beberapa kali.

Salah satu yang kerap menjadi perhatian adalah rasa depresi dan kesepian yang berhubungan dengan pemakaian media sosial.

Untuk menjawab hal tersebut, peneliti dari Universitas Pennslyvania pun melakukan studi terkait hubungan antara rasa depresi dan pemakaian media sosial.

Hasilnya, seseorang ternyata merasa lebih baik saat tidak mengakses media sosial. Dikutip dari Quartz, Minggu (18/11/2018), seseorang yang meninggalkan media sosial sejenak akan merasa lebih baik.

"Kami menemukan pembatasan pemakaian media sosial setidaknya 30 menit per hari, secara signifikan akan membawa perubahan yang lebih baik dari sisi mental bagi penggunanya,' tutur para peneliti dalam studinya.

Dalam studi kali ini, menurut ketua tim peneliti yang bernama Melissa G. Hunt, pihaknya memperluas cakupan studi kali ini ke beberapa media sosial lain. Sebab, dalam studi sebelumnya, objek studi lebih difokuskan pada Facebook.

Selama studi, para peneliti merekrut 143 mahasiswa untuk melakukan dua eksperimen berbeda. Satu dilakukan saat musim semi sedangkan kelompok lain melakukan eksperimen ketika musim gugur.

Masing-masing subjek penelitian diharuskan memiliki akun Facebook, Instagram, Snapchat, termasuk iPhone. 

Smartphone besutan Apple ini dipilih karena mampu menghitung durasi penggunaan aplikasi yang aktif dibuka.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG vs Monaco, Mbappe Lewati Kecepatan Usain Bolt

Posted: 22 Apr 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paris Saint Germain (PSG) sudah memastikan diri sebagai juara Liga Prancis musim ini. Namun hal ini tidak membuat pemain Les Parisiens, Kylian Mbappe berhenti berkreasi. Sebaliknya, Mbappe justru tampil kesetanan saat PSG bertemu AS Monaco, dini hari tadi. 

Dalam duel ini, Mbappe tidak hanya sukses mencetak hattrick untuk membawa PSG menang 3-1 atas Monaco. Pemain timnas Prancis itu juga membuat penonton berdecak kagum lewat aksi solo run super cepat yang dilakukannya menyambut umpan Diaby pada menit ke-15. 

Aksi ini ditutup sempurna dengan tendangan yang mengarah ke pojok kanan gawang lawan. 

Seperti dilansir AS, Mbappa berlari sejauh 30 meter untuk mencetak gol pembuka tersebut. Kecepatan pemain berusia 20 tahun itu diduga mencapai 38 km per jam. Ini mengalahkan rekor yang sebelumnya diciptakan oleh pemain Manchester City, Leroy Sane, 35,5 km/jam. 

Apakah Mbappe pemain tercepat di dunia?

Sebagai perbandingan, pelari asal Jamaika, Usain Bolt, sebelumnya hanya mencatat kecepatan rata-rata 37,58 km/jam saat menjadi juara dunia di Berlin, Jerman, 2009 lalu. Saat itu, di nomor sprinter Bolt menempuh jarak 100 meter dengan waktu 9,58 detik. 

Namun tentu saja perbandingan ini memerlukan perhitungan yang lebih detail dan memperhitungkan jarak yang ditempuh masing-masing individu. Hanya saja, aksi Mbappe bersama PSG semakin melambungkan namanya jelang bursa transfer musim panas ini.

 

Pimpin Gelar Top Scorer

Pemain Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, mengenakan jersey khusus Notre Dame saat menjamu AS Monaco di Parc des Princes, Senin dini hari WIB (22/4/2019). (AFP/Franck Fife)

Mbappe tidak hanya cepat. Mantan pemain AS Monaco itu juga tajam. Musim ini, Mbappe telah mengemas 30 gol bersama PSG dan memimpin klasemen top scorer League 1. Gelar Sepatu Emas sudah di depan mata mengingat rival terdekatnya terpaut 11 gol dari Mbappe. 

 

Primadona Bursa Transfer

Striker Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe, saat melawan RC Strasbourg pada laga Liga 1 Prancis di Stadion Stade de la Meinau, Rabu (5/12). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AP/Jean-Francois Badias)

Kehebatan Mbappe juga telah menarik perhatian klub-klub elite Eropa. Real Madrid merupakan salah satu klub yang kabarnya sangat menginginkan jasa pemain muda tersebut.

Kehadiran Zinedine Zidane sebagai pelatih Los Blancos dianggap sebagai kartu truf dalam mendapatkan tanda tangan Mbappe. Apalagi keduanya sama-sama dari Prancis. 

Meski menyatakan senang bersama PSG, tantangan bermain di liga yang lebih kompetitif menjadi godaan yang besar bagi Mbappe. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Wisata Gunung Merapi Ini Penuh dengan Cerita Sejarah, Bikin Takjub

Posted: 22 Apr 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wisata gunung Merapi bisa kamu jadikan alternatif lain saat berkunjung ke Jogja. Ya, seperti yang diketahui, kalau Jogja itu punya banyak sekali destinasi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya kental dengan nilai budayanya, kekayaan alam Jogja juga turut menghadirkan berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Inilah yang menjadi beberapa alasan para wisatawan untuk selalu mengunjungi Jogja.

Jogja juga terkenal dengan adanya gunung Merapi yang masih aktif hingga kini. Hal inilah yang membuat beberapa wisatawan penasaran dengan keberadaan gunung Merapi ini. Siapa sangka, keindahan pesona gunung Merapi ini tak terbantahkan lagi dengan beradunya misteri dan tragedi yang melingkupi tentang gunung ini.

Kota gudeg ini menjadi saksi sebuah terjadinya bencana alam, letusan Merapi pada 2010 silam. Tapi ternyata, di balik bencana ini Jogja masih tetap terlihat indah. Siapa sangka, daerah kawasan Merapi kerap dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Soalnya, banyak tempat-tempat di daerah Merapi ini yang menyajikan hal-hal luar biasa.

Wisata gunung Merapi ini memberikan pemandangan alam yang indah, hingga tempat berbau sejarah ada semua di sini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan para wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata gunung Merapi. Selain untuk berlibur, tempat wisata gunung Merapi ini juga memberikan pengalaman edukatif bagi pengunjungnya.

Nah, bagi kamu yang berencana ingin melakukan petualangan dan perjalanan yang penuh dengan tantangan, bisa banget menjadikan wisata gunung Merapi ini sebagai pilihannya. Berikut ini Liputan6.com, Selasa (23/4/2019) memberikan rekomendasi tempat wisata gunung Merapi yang wajib banget dikunjungi saat ke Jogja.

Wisata Gunung Merapi yang Indah

Museum Sisa Hartaku

Bunker Kaliadem

Wisata gunung Merapi yang tak boleh terlewatkan adalah bunker atau lubang bawah tanah. Tempat ini dulunya digunakan masyarakat di Desa Kepuharjo, Cangkringan, untuk melindungi diri ketika awan panas dari Merapi datang. Perjalanan ini akan penuh emosional saat wisatawan disajikan cerita-cerita seputar Bunker Kaliadem yang bisa kamu perloeh dari pemandu wisata di sana.

Selain mendapatkan cerita penuh emosional, kamu juga bisa menikmati indahnya alam di sekeliling Bunker Kaliadem ini. Kamu bisa menikmati setiap titik untuk berswafoto dan tentunya berfoto dengan Merapi dari dekat.

Museum Sisa Hartaku

Selain gunung Merapi yang menjadi ciri khasnya, kamu juga bisa lebih dekat merasakan bagaimana kejadian meletusnya Merapi saat itu dengan mengunjungi Museum Sisa Hartaku.

Berkunjung ke tempat wisata gunung Merapi yang satu ini, kamu dapat menemukan berbagai penyimpanan barang-barang warga setempat yang masih tersisa setelah terjadinya letusan gunung Merapi tersebut.

Berbeda dengan bentuk gedung museum pada umumnya yang penah kamu jumpai. Museum Sisa Hartaku ini berupa bangunan yang dulunya adalah rumah, yang saat ini rumah ini hanya tersisa dindingnya saja.

Di sana kamu bisa melihat banyak perkakasa sehari-hari yang sudah tidak layak digunakan lagi, seperti sepeda sepeda motor, TV, meja, kursi, peralatan dapur, hingga hewan ternak.

Wisata Gunung Merapi Lengkap Mulai Sejarah Hingga Alam

Museum Merapi, Yogyakarta

Museum Gunung Merapi

Tak hanya Museum Sisa Hartaku, untuk lebih mengenal tentang gunung Merapi sendiri kamu bisa mengunjungi Museum Gunung Merapi. Berbeda dengan Museum Sisa Hartaku, museum ini memiliki bentuk gedung seperti pada umumnya.

Saat kamu masuk ke dalam gedung, kamu akan disuguhi dengan replika gunung Merapi berukuran besar lengkap dengan asap di puncaknya dan suara gemuruh yang menggema.

Nah, Museum Gunung Merapi ini adalah tempat terbaik untuk belajar mengenai kejadian letusan gunung Merapi dari masa ke masa. Lengkap banget. Di museum ini juga menyimpan jejak keganasan wedhus gembel yang menerjang rumah-rumah di lereng merapi.

Mengelilingi ruang pamer yang ada di sini bakal memberikan banyak pengalaman berupa pelajatan alam maupun cerita kehidupan yang sangat berharga. Selain replika gunung Merapi dan ruang pamer, museum ini juga dilengkapi dengan bioskop mini yang bisa menampung hingga 85 orang.

Makam Mbah Marijan

Sosok Mbah Marijan cukup dikenal sebagai guru kunci dari gunung Merapi. Ya, dirinya tewas akibat letusan pada tahun 2010 lalu. Meskipun hanya makam biasa, namun hingga kini banyak wisatawan yang berkunjung ke sana baik untuk berziarah maupun hanya sekedar ingin mengetahui kisah Mbah Marijan selam menjadi huru kunci Merapi.

Bukit Klangon

Mengusung konsep gardu pandang setinggi lima meter, bukit Klangon ini cocok banget untuk menikmati pemandangan gunung Merapi dan berfoto dengan latar yang sangat keren.

Waktu yang sangat baik untuk menikmati pemandangan dengan latar belakang Merapi ini adalah pagi hari saat matahari terbit ke bukit.

Bukit Klangon ini memiliki nama asli Wisata Alam Bukit Glagaharjo yang terletak di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan. Selain memiliki spot foto dengan latar gunung Merapi, bukit Klangon ini juga memiliki lintasan sirkuit downhill bagi para pembalap sepeda gunung.

Wisata di Sekeliling Gunung Merapi Lainnya

The Lost World Castle

The Lost World Castle

Tempat wisata gunung Merapi lainnya yang tak kalah seru adalah The Lost World Castle. Tempat wisata ini menawarkan spot foto yang unik. Identik dengan bentuk bangunan yang berupa kastil, yang memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bajunya. Menjadikan tempat wisata ini sukses memikat para pengunjung.

Terdapat banyak spot foto menarik yang ada di sini. Salah satu spot yang sangat ramai diminati adalah spot paradise gate dan latar sayap. Selain itu ada juga spot dengan rumput hijau yang menghampar luas dengan latar berhias pohon sakura.

Perlu diketahuin bahwa tempat wisata ini merupakan daerah kawasan rawan bencana. Tepatnya terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Jadi mesti waspada karena bisa sewaktu-waktu erupsi.

Stonehenge Jogja

Jika melihat gambar ini, pasti kamu sudah tak asing lagi terkait keberadaannya. Ya, bangunan asli Stonehenge ini terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris.

Namun jika kamu ingin menikmati indahnya bangunan bebatuan ini, kamu tak perlu pergi ke Inggris. Kini replika Stonehenge bisa kamu nikmati di Jogja, terpatnya di Desa Cangkringan. Tepatnya terletak di kaki gunung Merapi.

The World Landmark Merapi Park

Tempat wisata gunung Merapi lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Marapi Park atau yang disebut juga dengan The World Landmarks Merapi Park. Tempat ini menawarkan beraneka ragam miniature dari beberapa landmark yang ada di dunia seperti menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, dan lain sebagainya.

Selain itu, tempat wisata ini makin nampak indah dan bagus dengan adanya taman bunga warna-warni yang mengelilingi miniatur-miniatur ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kondisi Pasca-Teror Bom di Sri Lanka, Korban Tewas Mencapai 290 Orang

Posted: 22 Apr 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi teror yang terjadi di Sri Lanka, berbarengan dengan perayaan hari Paskah pada 21 April 2019 lalu. Ledakan terjadi di delapan titik secara beruntun dalam rentang waktu 4 jam.

Saat kejadian itu terjadi, para jemaat pun dilanda kepanikan dan langsung berlari untuk menyelamatkan diri. Hingga kini korban tewas terror bom di Sri Lanka mencapai 290 orang.

Sehari setelah teror, St. Anthony, Kolombo dijaga pasukan bersenjata. Terlihat juga beberapa orang berkerumun di sekitar gereja yang merupakan salah satu target serangan bom.

Puing-puing dan pecahan kaca masih berserakan. Bagaimana kondisi pasca serangan bom di Sri Lanka beberapa waktu lalu? Simak selengkapnya di channel Brilio di Vidio.com berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DBS: Kebijakan Pemerintah Indonesia Berhasil Turunkan Impor

Posted: 22 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebijakan pemerintah Republik Indonesia untuk mengurangi impor dinilai berhasil oleh analis asing. Neraca perdagangan pada Maret dan Februari tercatat surplus pada masing-masing USD 540 juta dan USD 330 juta.

Berdasarkan laporan DBS, neraca perdagangan berhasil surplus selama dua bulan berturut-turut pada bulan Maret. Sejumlah faktor penurunan impor adalah menurunnya harga minyak, pelemahan rupiah, dan lemahnya pertumbuhan investasi.

Selain itu, sejumlah kebijakan moneter pemerintah yang ketat juga menjadi penentu dalam mengekang impor dan meningkatkan neraca perdagangan.

"Langkah itu termasuk kenaikan pajak impor (PPH 22) untuk hampir 1.000 barang konsumsi, persyaratan untuk menggunakan bahan bakar campuran biodiesel (B20) dan rencana menunda impor barang modal untuk beberapa proyek infrastruktur," tulis DBS dalam laporan yang diterima Liputan6.com, Selasa (23/4/2019).

DBS mencatat persentase impor yang turun secara tahunan adalah barang konsumsi (13,3 persen), modal (4,3 persen), dan bahan baku (7,4 persen). Sebagai catatan, impor bahan baku mendominasi impor Indonesia, yaitu 75 persen.

Impor berhasil lebih melambat meski ada pelambatan ekspor karena lesunya ekonomi global. Permintaan ekspor dari kawasan China, Jepang, dan ASEAN tercatat turun. Selain itu, DPS menyebut harga komoditas utama Indonesia seperti batu bara, CPO, dan karet diprediksi tetap datar oleh tahun ini.

Ekonomi China diprediksi melambat tahun ini, namun DBS menyebut stabilisasi ekonomi China membuka kemungkinan meningkatnya ekspor. Neraca perdagangan RI tahun 2019 pun berpotensi membaik.

"Kemungkinan stabilisasi ekonomi Tiongkok dapat mendukung permintaan perdagangan di kawasan ini, termasuk Indonesia," tulis DBS.

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus USD 540 Juta pada Maret 2019

Aktivitas di JICT, Jumat (15/3). Menko Perekonomian Darmin Nasution, mengisyaratkan kekhawatirannya terhadap kinerja impor yang kendur pada Februari 2019, meskipun hal ini membuat neraca perdagangan RI surplus. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 0,54 miliar atau sekitar USD 540 juta pada Maret 2019.

Surplus ini berasal dari ekspor sebesar USD 14,03 miliar dan impor sebesar USD 13,49 miliar. 

"Neraca perdagangan surplus USD 0,54 miliar atau sekitar USD 540 juta," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, pada Senin 15 April 2019. 

Suhariyanto mengatakan, surplus  ini berasal dari sektor nonmigas. Sementara sektor migas Indonesia mesih menyumbang defisit.

"Surplus sebagian besar didukung oleh ekspor non migas, sedangkan migas masih defisit," ujar dia. 

Dari sisi impor, Indonesia pada Maret 2019 mencatatkan impor sebesar USD 13,49 miliar. Angka ini naik jika dibandingkan dengan Februari 2019 sebesar USD 10,31 miliar.

"Meski demikian, posisi impor pada Maret ini mengalami penurunan jika dibandingkan secara year on year yaitu pada Maret 2018 sebesar 6,67 persen," tutur dia.

Ekspor Indonesia Capai USD 14,03 Miliar di Maret 2019

Ratusan peti kemas di area JICT Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (18/10). Secara kumulatif, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Januari-September 2016, nilai ekspor sebesar US$ 104,36 miliar, turun 9,41% (yoy). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis nilai ekspor Indonesia pada Maret 2019 mencapai USD 14,03 miliar. Angka ini naik 11,71 persen secara month to month (mtm) jika dibandingkan dengan Februari 2019 sebesar USD 12,56 miliar.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, meski terjadi kenaikan, namun jika dibandingkan dengan ekspor pada Maret 2018 yang mencapai USD 15,59 miliar terjadi penurunan sebesar 10,01 secara year on year.

"Nilai ekspor Maret 2019 utamanya dipicu kenaikan ekspor non migas, sedangkan ekspor migas mengalami penurunan," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di Gedung Pusat BPS, Jakarta, pada Senin 15 April 2019.

Suhariyanto merinci laju ekspor migas di Maret 2019 mengalami penurunan 1,57 persen. Di mana dari USD 1,1 miliar di Februari menjadi USD 1,09 miliar pada Maret tahun ini. "Di sektor migas terjadi penurunan ekspor karena nilai minyak mentah dan hasil minyak yang turun, sementara gas mengalami kenaikan," jelasnya.

Komoditas non migas mengalami kenaikan sebesar 13 persen. Di mana menjadi USD 21,93 miliar di Maret dari bulan sebelumnya yang USD 11,45 miliar.

Komoditas non migas yang mengalami kenaikan ekspor tertinggi yakni bahan bakar mineral sebesar USD 401,4 juta, besi dan baja USD 186,7 juta, lalu bijih, kerak dan abu logam USD 162,9 juta, kertas dan karton USD 69,9 juta, serta bahan kimia organik USD 69,9 juta.

Sedangkan penurunan ekspor non migas terendah yakni perhiasan/permata sebesar USD 31,8 juta, ampas/sisa industri makanan USD 27,3 juta, benda-benda dari besi dan baja USD 9,6 juta, lokomotif peralatan kereta api USD 8,2 juta, serta garam, belerang, kapur USD 6,2 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Jakarta vs Ceres: Menghitung Peluang Macan Kemayoran

Posted: 22 Apr 2019 09:44 PM PDT

Jakarta - Persija Jakarta akan menjalani laga krusial saat menjamu Ceres-Negros di matchday keempat Grup G Piala AFC 2019, Selasa (23/4/2019). Pertandingan ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Di laga ini, Macan Kemayoran wajib meraih kemenangan untuk bisa menjaga asa lolos ke babak selanjutnya.

Persija saat ini bertengger di peringkat ketiga Grup G Piala AFC 2019 dengan raihan empat poin. Jumlah tersebut dikumpulkan oleh pasukan Ivan Kolev berkat sekali menang, sekali imbang, dan sekali kalah.

Ismed Sofyan dkk. tertinggal lima angka dari Ceres-Negros yang menjadi pemuncak klasemen sementara. Persija juga terpaut tiga angka dari Becamex Binh Duong yang berada di peringkat kedua.

Andai mampu mengalahkan Ceres-Negros, Persija bakal mengumpulkan poin yang sama dengan Becamex Binh Duong, yakni tujuh poin. Namun, bila mampu menang dengan skor telak 5-0, Persija bakal mendepak Becamex Binh Duong di posisi kedua.

Sebaliknya, peluang Persija melaju ke babak selanjutnya bakal menipis jika kembali kalah atau hanya bermain imbang. Dengan asumsi kalah melawan Ceres-Negros, namun Persija mampu memenangi dua laga tersisa maka peluang lolos ke babak selanjutnya akan bergantung pada Becamex Binh Duong.

Peringkat Kedua

Selain itu, untuk lolos ke babak selanjutnya melalui jalur peringkat kedua terbaik terbilang cukup beresiko. Untuk zona ASEAN, saat ini klasemen kecil peringkat kedua terbaik dihuni Ha Noi, Becamex Binh Duong, dan Home United.

Mereka bersaing untuk memperebutkan 1 tiket ke babak selanjutnya. Jadi, bisa dipastikan hasil dari laga melawan Ceres-Negros bakal menentukan nasib Persija Jakarta di Piala AFC 2019.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Momen Saat Jonatan Christie Bertanding Bela Indonesia, Bikin Salut

Posted: 22 Apr 2019 09:40 PM PDT

Prestasi tersebut membawa Jojo ke ranah yang lebih luas, wajah pebulutangkis yang dikenal bersahabat dengan Antony Sinisuka Ginting tersebut kerap wira-wiri di layar kaca. Bukan sebagai pebulutangkis, melainkan sebagai bintang iklan produk.(Liputan6.com/Instagram/jonatanchristieofficial)

Prestasi tersebut membawa Jojo ke ranah yang lebih luas, wajah pebulutangkis yang dikenal bersahabat dengan Antony Sinisuka Ginting tersebut kerap wira-wiri di layar kaca. Bukan sebagai pebulutangkis, melainkan sebagai bintang iklan produk.(Liputan6.com/Instagram/jonatanchristieofficial)

Meskipun begitu, Jonatan juga sering mengalami kekalahan dalam pertandingan yang ia jalani. Meskipun harus menerima kekalahan, Jonatan terus berlatih dengan giat agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Liputan6.com/Instagram/jonatanchristieofficial)

Meskipun begitu, Jonatan juga sering mengalami kekalahan dalam pertandingan yang ia jalani. Meskipun harus menerima kekalahan, Jonatan terus berlatih dengan giat agar bisa mencapai hasil yang maksimal. Liputan6.com/Instagram/jonatanchristieofficial)

Mudah-mudahan Jonatan bisa terus membawa harum nama Indonesia di mata dunia dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan.  Liputan6.com/Instagram/jonatanchristieofficial)

Mudah-mudahan Jonatan bisa terus membawa harum nama Indonesia di mata dunia dengan prestasi-prestasi yang ditorehkan. Liputan6.com/Instagram/jonatanchristieofficial)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tujuh Tahun Bersama, Ini Alasan Perceraian Adele - Simon Konecki

Posted: 22 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Publik dibuat terkejut dengan kabar perpisahan Adele dengan pasangannya, Simon Konecki, yang beredar pada Jumat (19/4/2019) lalu.  Perwakilan Adele sendiri yang menyatakan kepada publik bahwa wanita berusia 30 tahun tersebut telah berpisah dari suaminya.

Kabar ini terbilang mengagetkan karena hubungan Adele dan Simon selama ini jauh dari gosip miring. Keduanya diketahui telah menjalin hubungan selama tujuh tahun dan menikah sejak 2016. 

Alhasil, publik dibuat penasaran dengan alasan perpisahan Adele dan Simon. Dilansir dari E! News (22/4/2019 ), seorang sumber akhirnya buka suara soal hal ini. 

Sumber tersebut mengatakan alasan Adele dan Simon Konecki berpisah adalah karena di antara keduanya sudah tidak ada kecocokan. "Mereka mengalami banyak hal belakangan ini, tapi sayangnya mereka sudah tidak memiliki kecocokan lagi," tutur sumber ini.

Kesibukan Adele

Adele. (AFP/FREDERIC J. BROWN)

Selain itu, perceraian ini ternyata juga berhubungan dengan kesibukan Adele di dunia hiburan. 

"Adele terus tumbuh menjadi bintang yang besar dan ia (Simon Konecki) merasa baik-baik saja berada di balik layar. Tetapi, semakin dia bertumbuh menjadi bintang besar dan jadwal turnya yang padat, mereka sudah tidak bisa bersama lagi," tutur sumber tersebut.

Jaga Hubungan Baik

Adele. (AFP/Kevin Winter)

Meski rumah tangga mereka kandas, pelantun "Rolling in the Deep" ini tetap berkomitmen menjadi orangtua yang baik untuk anak mereka, Angelo Adkins.

Mereka berencana untuk tetap menjaga hubungan baik, untuk membesarkan putra mereka yang masih berusia enam tahun itu bersama-sama. (Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Pastikan KPPS Meninggal Saat Pemilu Dapat Penghargaan

Posted: 22 Apr 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo masih menunggu usulan KPU terkait santunan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia saat bertugas di Pemilu Serentak 2019. Dia memastikan pemerintah akan memberikan penghargaan bagi petugas tersebut.

"Kami menunggu usulan Bawaslu dan KPU. Saya yakin pemerintah akan memberi penghargaan, tetapi kalau soal anggaran nanti biar dari Bawaslu fixnya berapa untuk yang sakit, berapa yang meninggal termasuk KPPS dan anggota Polri nya," kata Tjahjo, Senin (22/4/2019).

Tjahjo mengaku belum mendapatkan informasi utuh mengenai jumlah petugas KPPS yang sakit ataupun meninggal dunia. Sebab data dari KPU masih dilengkapi Bawaslu.

"Secara utuh belum, yang sudah dari Kepolisian lengkap, data detailnya nama, pangkat, penugasan dari mana, gugur karena apa. Data dari KPU sedang dilengkapi Bawaslu," ungkap Tjahjo.

Sebelumnya, puluhan petugas KPPS dikabarkan sakit dan meninggal dunia usai bertugas dalam pemungutan dan penghitungan suara. Para petugas tersebut diduga kelelahan usai mengawal proses pemilu 2019. (dewi larasati)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FBI dan Interpol Bantu Penyelidikan Teror Bom Beruntun di Sri Lanka

Posted: 22 Apr 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Kolombo - Organisasi kerja sama kepolisian dunia atau Interpol mengirim tim ke Sri Lanka untuk membantu otoritas setempat menyelidiki rangkaian teror bom beruntun yang menghantam gereja dan hotel di sana pada Minggu 21 April 2019.

Atas permintaan pihak berwenang Sri Lanka, Interpol mengirim Tim Tanggap Insiden (IRT) yang mencakup spesialis dengan keahlian olah TKP, bahan peledak, anti-terorisme, identifikasi dan analisis korban bencana.

Jika diperlukan, keahlian tambahan dalam forensik digital, biometrik, serta analisis foto dan video juga akan ditambahkan ke tim di lapangan.

Interpol juga sudah melakukan pengecekan basis data internal mereka; Stolen and Lost Travel Documents, dan basis data lain untuk mengidentifikasi petunjuk ​​potensial dan koneksi internasional.

Selain IRT, dukungan juga diberikan melalui Pusat Komando dan Koordinasi (CCC) 24 jam di markas Sekretariat Jenderal Interpol di Lyon, Prancis, dan kantor cabang di Singapura dan Buenos Aires, Argentina.

Untuk membantu mengidentifikasi warga negara asing di antara para korban, CCC juga dapat bertindak sebagai penghubung dengan Biro Pusat Nasional Interpol dari negara-negara yang terlibat untuk memastikan setiap data dipertukarkan secepat mungkin.

"Ketika pihak berwenang Sri Lanka menyelidiki serangan-serangan mengerikan ini, Interpol akan terus memberikan dukungan apa pun yang diperlukan," kata Sekretaris Jenderal Interpol, Jurgen Stock dalam laman resmi organisasi Interpol.int.

"Informasi untuk membantu mengidentifikasi orang-orang yang terkait dengan serangan-serangan ini dapat berasal dari Interpol terbukti sangat penting, terutama bagi petugas di lapangan."

"Keluarga dan teman-teman para korban pemboman ini, seperti halnya setiap serangan teroris, membutuhkan dan pantas mendapat dukungan penuh dari komunitas penegak hukum global," pungkas Kepala Interpol. 

Otoritas AS Ambil Andil dalam Penyelidikan

Selain Interpol, Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) juga membantu otoritas Sri Lanka ketika mereka menyelidiki ledakan bom hari Minggu, menurut juru bicara FBI.

Dikatakan, FBI juga telah menawarkan keahlian laboratorium untuk menguji bukti bom, sementara analis meninjau database biro untuk informasi yang berguna, demikian seperti dikutip dari the Washington Post.

AS dan India Telah Peringatkan Ancaman Teror di Sri Lanka

Gereja rusak parah pasca ledakan bom di Sri Lanka (Sumber: Twitter.com/Geeta_Mohan)

Badan intelijen Amerika Serikat (AS) dan India telah memperingatkan pemerintah Sri Lanka tentang ancaman serangan segera, kata Harsha de Silva, Menteri Reformasi Ekonomi dan Distribusi Publik Sri Lanka.

Berbicara kepada presenter CNN, Christiane Amanpour pada Senin 22 April, de Silva mengatakan pemerintah Sri Lanka memang menerima informasi dari luar negeri bahwa sesuatu yang mengerikan akan terjadi.

"Tetapi perdana menteri tidak tahu tentang kabar itu," kata de Silva, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (23/4/2019).

De Silva, sekutu Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, berpendapat bahwa "itu bukan kegagalan aparat intelijen", tetapi kegagalan dalam mengimplementasikan respons yang tepat.

Di lain pihak, pada Minggu sore, PM Wickremesinghe tidak menampik bahwa mungkin ada informasi sebelumnya tentang serangan itu.

Namun, dia mengatakan bahwa tidak semua diberi informasi (tentang intelijen), dan itu adalah salah satu masalah yang harus diperhatikan sekarang.

"Untuk saat ini prioritasnya adalah menangkap para pelaku teror," tambahnya.

Merusak Perdamaian Satu Dekade

Militer Sri Lanka melakukan penyelidikan terhadap lokasi teror bom di Kolombo, Sri Lanka (AFP/Ishara S Kodikara)

Serangan teror pada hari Minggu itu merusak satu dekade perdamaian di Sri Lanka, pasca-berakhirnya perang saudara pada 2009 lalu.

Sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1948, konflik sporadis telah meletus antara kelompok minoritas dan pemerintah.

Periode kekerasan yang paling merusak terjadi pada medio 1983 hingga 2009, dengan pertempuran besar-besaran antara pemberontak separatis Tamil dan militer setempat. 

Meskipun Kolombo sebagian besar tetap bebas dari kekerasan sejak perang berakhir, namun tercatat beberapa ketegangan antara kelompok-kelompok Muslim dan mayoritas penganut Buddhis Sinhala.

Pada Maret 2018, keadaan darurat sempat diberlakukan di seluruh wilayah Sri Lanka untuk pertama kalinya sejak perang saudara.

Kebijakan itu ditetapkan berselang beberapa hari setelah insiden kekerasan antara komunitas Budha dan Muslim di pusat kota Kandy.

Kekerasan itu, yang dipicu oleh kematian seorang pemuda Budha Sinhala, yang diduga berada di tangan sekelompok pria Muslim, mengakibatkan kerusuhan dan aksi pembakaran terhadap sejumlah mmasjid dan usaha bisnis milik komunitas Muslim.   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija vs Ceres-Negros Tanpa Penonton, Panpel Kembalikan Uang Pembelian Tiket

Posted: 22 Apr 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menjamu Ceres-Negros di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (23/4/2019), pada matchday keempat Piala AFC Grup G. Pertandingan ini bakal dimulai pukul 15.30 WIB.

Sesuai surat dari kepolisian bernomor SI/YANMAS/172/IV/YAN 2.1/2019/Bantelkam tgl 22/4/2019 memutuskan memberikan izin menggelar pertandingan Persija vs Ceres-Negros tanpa penonton.

Karena hal tersebut, pihak panitia pelaksana (panpel) Persija akan mengembalikan uang pembelian tiket kepada penonton yang membeli secara online. Pembeli tiket tidak perlu datang ke Lapangan Blok S.

"Saya ingin merevisi pernyataan semalam, jadi ada keputusan perihal pihak kepolisian mengeluarkan surat status memberikan izin bermain tanpa penonton. Dengan demikian kita harus menjalankan apa yang diputuskan kepolisian," ujar Ketua Panpel Persija, Haen Rahmawan.

"Kita harus ambil sisi positifnya. Saya harap Jakmania (suporter Persija) bisa menerima dan mengikuti himbauan untuk tidak datang ke Stadion. Apa yang diputuskan oleh Kepolisian harus ditaati," katanya menambahkan.

 

 

Tekanan Berat

Piala AFC 2019: Persija Jakarta vs Ceres-Negros. (Bola.com/Dody Iryawan)

Tentunya, pertandingan tanpa penonton membuat tekanan kepada Persija lebih berat. Pasalnya, Macan Kemayoran, sebutan Persija, wajib menang untuk menjaga peluang lolos ke babak semifinal zona ASEAN.

Namun, pelatih Persija, Ivan Kolev tak terlalu ambil pusing soal itu. Sebab, menurutnya, Macan Kemayoran memang selalu di bawah tekanan mengingat suporter ingin Persija selalu menang.

"Persija, ini tim juara Indonesia. Setiap game tentu saja ada tekanan karena yang kita tertarik itu bagaimana prestasi kita di depan suporter. Kami harus main bagus supaya semua suporter kita bisa puas," kata ujar Kolev.

Klasemen Piala AFC Grup G

 

 No  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan  Kemasukan  Poin
 1  Ceres Negros  3  3  0  0  7  3  9
 2  Binh Duong 4  2  1  1  9  4  7
 3  Persija Jakarta  3  1  1  1  3  2  4
 4  Shan United  3  0  0  4  4  14  0

 Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersaing dengan Manchester City, Liverpool Diminta Fokus pada Diri Sendiri

Posted: 22 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool saat ini memuncaki memuncaki klasemen sementara Liga Inggris 2018/19. The Reds telah mengoleksi 88 poin dari 35 pertandingan.

Jumlah poin itu terbanyak yang pernah diraih Liverpool dalam sejarah pentas Liga Inggris. Tapi, skuat racikan Jurgen Klopp ini kemungkinan bisa disalip oleh Manchester City.

The Citizen sekarang ada di peringkat kedua dengan raihan 86 poin. Tapi, pasukan Pep Guardiola ini baru memainkan 34 laga.

Jika dapat memenangi semua laga sisa, dengan asumsi Liverpool juga memenangi laga, maka City bakal finis di posisi pertama. City akan memiliki keunggulan satu poin.

Namun, bek Liverpool Virgil Van Dijk meminta timnya tidak menghiraukan Manchester City dan fokus untuk mengurus diri sendiri.

 

Tetap Fokus

Bek Liverpool, Virgil van Dijk, berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang FC Porto pada leg kedua perempat final Liga Champions 2018/2019 di Estadio do Dragao, Rabu (17/4).  (AP Photo/Luis Vieira)

City saat ini berpeluang kehilangan poin saat bermain melawan Manchester United. Namun Van Dijk berharap rekan-rekannya tidak usah menghiraukan laga itu.

Ia ingin Liverpool fokus pada diri mereka sendiri. Namun ia juga berharap pada para fans agar terus mendukung mereka hingga akhir.

"Satu-satunya yang bisa kami lakukan adalah terus bermain dan terus menang," serunya pada situs resmi klub.

"Tetap menikmatinya dan semoga cuaca tetap menyenangkan dan mari kita pergi untuk itu," sambung Van Dijk

"Kami membutuhkan semua orang, kami membutuhkan semua penggemar, dan seperti hari ini juga kami mendapat dukungan besar, jadi kami akan melihat bagaimana ini berakhir," ujarnya.

 

Tetap Tenang

Van Dijk kemudian membeberkan bahwa semua pemain Liverpool tetap tenang dalam perburuan gelar juara liga. Alhasil mereka bisa tetap tenang dan percaya diri saat menjalani semua laga dan mampu meraih hasil-hasil positif, seperti saat melawan Cardiff City.

"Anda mencoba untuk tetap tenang dan saya pikir itu adalah sesuatu yang telah kami tingkatkan selama musim ini," ujarnya.

"Terus lakukan apa yang kami lakukan, jangan panik dan kami akan mendapatkan peluang karena kami memiliki banyak kualitas di tim dan tidak ada tim yang bisa bertahan di level tertinggi mereka selama 90 menit," tuturnya.

"Jadi akan selalu ada sedikit momen ruang yang bisa kita manfaatkan dan kupikir kita berhasil," tutupnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Filipina, 8 Tewas

Posted: 22 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa magnitudo 6,3 mengguncang Filipina. Bencana alam ini menyebabkan 8 warga tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah Terseret Sentimen Regional

Posted: 22 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa pekan ini. Pelemahan ini terimbas faktor regional.

Mengutip Bloomberg, Selasa (23/4/2019), rupiah dibuka di angka 14.071 per dolar AS menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.078 per dolar AS. Namun menjelang siang, rupiah melemah ke 14.082 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.071 per dolar AS hingga 14.085 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 2,14 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.080 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sebelumnya yang ada di angka 14.056 per dolar AS.

"Pagi ini mata uang kuat Asia, yen Jepang, dolar Hong Kong, dan dolar Singapura, dibuka melemah terhadap dolar AS, yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih seperti dikuitp dari Antara.

Lana memprediksi rupiah hari ini akan bergerak melanjutkan pelemahan menuju kisaran antara 14.080 per dolar AS hingga 14.100 per dolar AS.

 

Sektor Perumahan AS

Meskipun Brexit, miliarder Amerika, Ken Griffin tetap membeli rumah termahal yang pernah dijual di London.

Dari eksternal, data sektor perumahan AS mulai melambat, terlihat dari izin mendirikan bangunan (building permits) di AS turun 1,7 persen (bulan ke bulan/mom), di bawah ekspektasi pasar naik 0,3 persen, dan merupakan yang terendah sejak Oktober 2018.

Data lain yang juga mendukung perlambatan sektor properti adalah penjualan rumah seken (previously owned house) untuk Maret 2019 turun 4,9 persen (mom).

"Sektor perumahan biasanya menjadi salah satu indikator awal melambatnya ekonomi. Namun, belum mengonfirmasi perlambatan berlanjut," ujar Lana.

Perlambatan ekonomi AS akan membuat bank sentral AS akan cenderung melakukan kebijakan moneter yang lebih longgar atau dovish dengan tidak menaikkan suku bunga acuan, atau bahkan menurunkan suku bunga acuannya.

Rupiah Bakal Sentuh 13.940 per Dolar AS

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, hasil perhitungan cepat (quick count) sementara dimenangkan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin.

Hasil hitung cepat ini mendapat sambutan positif dari investor. Bahkan, investor asing tercatat masuk ke pasar modal RI disebabkan proses Pemilu yang terbilang lancar. Ekonom pun memperkirakan rupiah bakal menguat selama sepekan ini.

"Tren bakal bertahan sepekan bahkan rupiah bisa tembus menguat di kisaran Rp 13.940-13.970. Selain Jokowi effect, sentimen global juga positif paska rilis data pertumbuhan ekonomi China di atas ekspektasi yakni 6.4 persen," tutur Ekonom Insitute For Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira kepada Liputan6.com, Kamis (18/4/2019). 

Dia membenarkan, investor asing masuk ke dalam negeri merespons positif atas aksi Pilpres yang berlangsung aman dan lancar.

"Dana asing mulai beralih ke pasar negara berkembang. Sampai siang ini nett buy atau pembelian bersih saham oleh asing di IHSG tercatat Rp 1,14 triliun atau Rp 14.9 triliun akumulatif dari awal tahun," ujarnya.

Namun, menurut Ekonom Centre of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah, penguatan rupiah kemungkinan hanya berlaku seminggu ini saja.

"Mungkin tidak berlanjut sampai minggu depan. Ada beberapa alasan, pertama kemenangan ini masih berdasarkan quick count, belum resmi. Paslon nomor 2 bahkan malam ini masih mengklaim kemenangan," ucapnya.

"Sedangkan kedua, walaupun nanti hasil resmi KPU menetapkan jokowi sebagai pemenang, potensi gangguan masih tetap ada kalau paslon nomor 02 tetap tdk menerima," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Hari Buku Sedunia 2019, Berikut Fakta-Faktanya

Posted: 22 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tepat hari Selasa, 23 April 2019 adalah peringatan Hari Buku Sedunia atau yang dikenal pula sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia. Hari Buku Sedunia (World Book Day) merupkan perayaan tahunan setiap tanggal 23 April yang telah diresmikan oleh UNESCO.

UNESCO mengadakan hari buku sebagai bentuk mempromosikan peran membaca, penerbitan serta hak cipta. Tentu saja yang merayakan Hari Buku Sedunia adalah negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Namun sayangnya di Indonesia mengetahui Hari Buku Sedunia yang selalu dirayakan setiap tahun ini masih kurang perhatian. Masyarakat Indonesia masih kurang antusias dalam menyambut Hari Buku Sedunia.

Hal ini juga dipengaruhi oleh minat baca buku di Indonesia yang masih dianggap kurang, walaupun sudah ada sedikit peningkatan. Untuk itu sebagai peringatan Hari Bukku Sedunia, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2019) beberapa fakta terkait Hari Buku Sedunia.

Miguel de Cervantes dan William Shakespeare

Miguel de Cervantes dan William Shakespeare, tokoh literasi (Sumber: Wikipedia)

Miguel de Cervantes dan William Shakespeare adalah dua tokoh dalam bidang literasi. Miguel de Cervantes adalah seorang novelis dan penyair dramatis dari Spanyol. Ia lahir di Alcala de henars, Spanyol pada tanggal 29 Sptember 1547 dan meninggal di Madrid, Spanyol pada tanggal 23 April 1616 di usia 68 tahun.

William Shakespeare adalah seorang penyair dan aktor asal Inggris yang lahir 26 April 1564. Ia adlah salah satu sastrawan besar di Inggris. Ia tercatat telah menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi,sejarah dan 154 sonata, 2 puisi naratif dan puisi lainnya. Karyanya yang sangat terkenal yaitu Romeo dan Juliet dan Julius Caesar.

Sama seperti Miguel de Cervantes, William Shakespeare juga meninggal pada tanggal 23 April 1616 diusianya ke 51 tahun di Inggris. Awalnya, untuk memperingati kematian mereka sebagai tokoh sastra dan literasi, maka setiap tanggal 23 April para pedagang buku di Spanyol akan mengingat jasa kedua tokoh tersebut.

UNESCO Tetapkan World Book Day

Ilustrasi perpustakaan (Sumber: Pixabay)

Pada tahun 1995, UNESCO memutuskan Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada tanggal 23 April, sebab tanggal tersebut juga merupakan hari kematian William Shakespeare dan penulis terkenal lainnya.

Penulis lainnya yang juga lahir maupun meninggal pada tanggal 23 April yaitu Inna Garcilaso de la Vega, seorang penyair Spanyol yang meninggal pada 23 April 1616, Maurixe Druon, seorang novelis Prancis, lahir 23 April 1918, Manuel Mejia Vallejo, ia seorang penulis Kolombia yang lahir 23 April 1923 dan Halldor Laxness, seorang penulis Islandia yang lahir 23 April 1902.

Tema Hari Buku Sedunia 2019

Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay (Sumber: UNESCO)

Dilansir dari Hindustan Times, Direktur Jenderal UNESCO yaitu Audrey Azoulay merangkum tema Hari Buku Sedunia di tahun 2019 ini melalui kata-kata,

"Buku adalah bentuk ekspresi budaya yang hidup dan sebagai bagian dari bahasa yang dipilih. Setiap publikasi yang dibuat dalam bahasa yang berbeda dan ditujukan untuk para pembacanya. Dengan demikian sebuah buku ditulis, diproduksi, dipertukarkan, digunakan dan dihargai dalam latar bahasa dan budaya tertentu. Tahun ini kami menyoroti dimensi yang penting karena 2019 menjadi Tahun Internasional Bahasa Pribumi yang dipimpin oleh UNESCO. Untuk menegaskan kembali komitmen masyarakat internasional dalam mendukung masyarakat adat untuk melestarikan budaya, pengetahuan dan hak-hak mereka,"

Melalui Hari Buku Sedunia 2019 ini, UNESCO bertujuan untuk memperjuangkan buku-buku dan merayakan kreativitas, keragaman dan akses yang sama terhadap pengetahuan. Hari ini telah menjadi platform bagi orang-orang di seluruh dunia dan terutama bagi kepentingan industri buku termasuk penulis, penerbit, guru, pustakawan, lembaga publik dan swasta, LSM kemanusiaan dan media massa untuk bersama-sama mempromosikan literasi dan membantu semua orang untuk memiliki akses ke sumber daya pendidikan.

Hari Buku di Indonesia

Di Indonesia, peringatan baru Hari Buku dimulai tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca. Peringatan ini dibuat dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Dikutip Vemale, berdasarkan data Unesco dari 1.000 penduduk Indonesia yang minat membaca hanya satu orang atau perbandingannya 1000:1. Kemudian dari sisi jumlah buku, 1 buku dibaca 15 ribu orang padahal yang seharusnya menurut Unesco, 1 buku hanya dibaca untuk 2 orang.

Selain itu, tingkat akses masyarakat Indonesia terhadap buku juga masih sangat kecil, yakni berkisar 41 persen. Rata-rata hanya 2 persen dari masyarakat Indonesia yang datang ke perpustakaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ratna Sarumpaet Sebut Tompi Telah Sadarkan Dirinya Berhenti Berbohong

Posted: 22 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa Ratna Sarumpaet menanggapi kehadiran Teuku Adifitrian alias Tompi menjadi saksi dalam persidangan kasus penyebaran berita bohong alias hoaks. Ratna menyampaikan terima kasih atas kepedulian publik figur itu menguak tipu muslihatnya.

"Saya tidak tahu kenapa saudara Tompi ini ada di sini ya. Karena sebenarnya dialah yang menyelamatkan dan menyadarkan saya untuk berhenti berbohong," ujar Ratna dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

Sejak awal, Ratna sebenarnya merasa janggal dengan dihadirkannya Tompi sebagai saksi di persidangan. Sebab baginya, penyanyi kondang yang juga seorang dokter bedah plastik itu tidak ada kaitannya dengan pasal yang didakwakan kepada dirinya.

"Keterlibatan mereka kan pada awal. Kan itu sudah diakui kebohongan. Jadi ngapain lagi (diminta jadi saksi)?" ucap Ratna sebelum menjalani sidang.

Demikian juga pemanggilan terhadap Rocky Gerung sebagai saksi dalam persidangan kasusnya dianggap kurang tepat. "Sangkaan itu kan keonaran, apa hubungannya Rocky dengan keonaran?" kata Ratna Sarumpaet.

Dakwaan Ratna Sarumpaet

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tim jaksa mendakwa Ratna Sarumpaet telah menyebarkan berita bohong kepada banyak orang yang dapat menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Apalagi, berita bohong yang disebarkannya itu dinilai telah menimbulkan pro dan kontra.

Oleh karena itu, jaksa penuntut umum mendakwa aktivis itu dengan dakwaan alternatif.

"Dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar jaksa saat membacakan dakwaannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 28 Februari 2019.

Pada dakwaan pertama, jaksa menduga Ratna Sarumpaet telah melakukan perbuatan dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Sementara pada dakwaan kedua, jaksa menduga Ratna Sarumpaet, "Dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, ras atau antar golongan (SARA).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyamar Jadi Mbok Jamu, Aurel Hermansyah Bikin Juru Parkir Curiga

Posted: 22 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aurel Hermansyah mengikuti jejak sejumlah seleb Tanah Air yang belakangan gemar melakukan prank. Putri Anang Hermansyah dan Krisdayanti itu menyamar menjadi seorang penjual jamu di Malang. 

Pengalamannya ini, ia bagikan lewat sebuah vlog di kanal YouTube The Hermansyah A6 yang dipublikasikan pada Minggu (20/4/2019) lalu. 

"Oke aku sudah sampai di Pasar Besar di Malang, sekarang kita mau prank orang," kata Aurel Hermansyah mengawali video.

Demi melancarkan misinya, wanita 20 tahun ini mengubah penampilannya menjadi seorang penjual jamu gendong, lengkap dengan bakul berisi botol dan selendang khas penjual jamu. Aurel tampak kesulitan saat hendak mulai menggendong dagangannya di Pasar Besar Malang.

 

Gadis berusia 20 tahun itu kesulitan mengikat selendang untuk membawa bakul jamu gendongnya. Bahkan ia sempat menjatuhkan dagangannya.  "Aduh. Susah banget Pak," kata Aurel Hermansyah.

 

Dicurigai

Aurel Hermansyah menyamar jadi penjual jamu (YouTube/ The Hermansyah A6)

Tak lama setelah itu, seorang juru parkir membeli jamu Aurel. Tapi pria tersebut sempat curiga dengan Aurel yang disebutnya bukan penjual jamu asli.

"Ini bukan tukang jamu asli ya. Pakai selendangnya kesusahan," goda sang juru parkir sambil tertawa. Aurel lantas berdalih, ia beralasan baru menjadi penjual jamu.

 

"Iya saya baru Pak, yang buat suami saya. Saya jualannya baru hari ini Pak, susah," kata dia.

 

Nasi Bungkus

Aurel Hermansyah jualan jamu (YouTube/ The Hermansyah A6)

Setelah membeli jamu Aurel, sang juru parkir ternyata melakukan sebuah tindakan tak terduga. Ia memberikan Aurel sebungkus nasi. Saat Aurel hendak beranjak dari depan toko, nasi itu sudah tergantung di pintu rolling dari toko tersebut. 

Saat diwawancari tim Aurel, juru parkir tersebut mengaku melihat sejumlah keanehan pada sikap Aurel. Tak hanya melihat gelagatnya yang kaku, ia juga merasa logat bicara putri Anang itu mirip penduduk Jawa Barat, bukan Jember seperti yang diakui Aurel. 

Juru parkir itu mengaku sengaja memberikan jatah makan siangnya karena merasa kasihan dengan Aurel.  "Kasihan, katanya orang jauh, kerja, dan lapar," kata pria yang mengaku tak tahu bahwa wanita penjual jamu tadi adalah Aurel. 

 

(Dream.co.id/  Amrikh Palupi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Ramadan, Jokowi Minta Menteri Jaga Stabilitas Harga Bahan Pokok

Posted: 22 Apr 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bogor: Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menteri Kabinet Kerja untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok menjelang masuknya bulan suci Ramadan. Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna dengan topik Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif tahun 2020.

"Ini kita dua minggu lagi kurang lebih sudah masuk ke bulan suci Ramadan. Meskipun ini sudah secara rutin kita lakukan setiap tahun, perlu saya ingatkan berkaitan dengan stabilitas ketersediaan harga-harga bahan pokok betul-betul dicek," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengingatkan jajarannya untuk mengontrol lonjakan harga sembako saat bulan Ramadan. Dia ingin umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang.

"(Bahan pokok) betul-betul dikontrol agar tidak terjadi lonjakan-lonjakan harga," ujar Jokowi.

Dia juga meminta seluruh kementerian untuk meningkatkan daya saing yang berkaitan dengan perizinan, investasi, dan ekspor. Menurut dia, hal tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Tanpa adanya peningkatan dan tambahan di bidang investasi dan ekspor, jangan berharap pertumbuhan ekonomi kita semakin meningkat karena perbaikan iklim investasi dan ekspor itulah jadi kunci. Jangan terjebak pada rutinitas. Kita tahu semua kuncinya ada di situ," jelas Jokowi.

Dalam rapat tersebut hadir Menteri Keuagan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, dan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Ada pula Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perindustrian Airlangha Hartarto, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hingga Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Jaga Stabilitas Keamanan

Pada kesempatan yang sama, Jokowi meminta Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN menjaga stabilitas keamanan pascapemilu 2019. Pesan yang sama juga disampaikan Jokowi untuk menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga.

"Saya minta agar stabilitas keamanan dan ketertiban terus dijaga agar kondisi yang ada betul-betul kondusif," tegas Jokowi.

Jokowi melihat Pemilu 2019 menimbulkan konflik-konflik kecil. Namun, konflik tersebut dipandang sebagai hal biasa, sebab kerap terjadi saat pesta demokrasi berlangsung.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan aparat keamanan tidak lengah dan terus menjaga ketertiban di tengah masyarakat.

"Saya lihat biasa dalam pesat demokrasi ada riak-riak kecil, tapi jangan sampai mengganggu keamanan, ketertiban dan rasa aman masyarakat," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Berikan Penghargaan ke 17 Gubernur dan Pengusaha

Posted: 22 Apr 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengapresiasi sejumlah Gubernur dan pengusaha di Indonesia. Kemnaker menganugerahi Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2019. Penghargaan itu bertujuan untuk memotivasi perusahaan, pemerintah daerah, dan pekerja dalam mengimplementasikan K3.

Dalam Penghargaan K3 Tahun 2019 kali ini, penghargaan kecelakaan nihil (zero accident) diberikan kepada 1.052 perusahaan. Penghargaan SMK3 diberikan kepada 1.466 perusahaan. Penghargaan program pencegahan HIV - AIDS di tempat kerja di berikan kepada 172 perusahaan, dan penghargaan pembina K3 terbaik untuk 17 gubernur

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri meminta agar dunia usaha tak menjadikan masalah K3 sebagai beban bagi perusahaannya. K3 justru merupakan investasi sangat baik agar produktivitas perusahaan bisa terus dijaga dan ditingkatkan serta penerapan K3 di tempat-tempat kerja bisa semakin kita optimalkan. 

"K3 dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menjamin tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan atas keselamatannya, "kata Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri saat memberikan sambutan dalam Malam Penganugerahan Penghargaan K3 Tahun 2019 di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (22/4).

Acara penghargaan K3 dihadiri Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekjen Khairul Anwar, Dirjen Binwasnaker dan K3 Sugeng Priyanto, Dirjen Binapenta PKK Maruli A. Hasoloan, Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga Irianto Sumbolon, Para Gubernur penerima penghargaan  dan beberapa Kadisnakertrans provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

Hanif menambahkan, dunia industri tengah memasuki era revolusi industri 4.0. Dimana ada sejumlah jenis pekerjaan lama yang hilang dan muncul seiring pendekatan digital. "Dengan munculnya jenis pekerjaan baru maka akan timbullah potensi-potensi bahaya baru yang perlu strategi pengendalian agar tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja," ujarnya.

Hanif mengingatkan kembali bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan atas keselamatannya

"Pelaksanaan K3 menjamin setiap sumber produksi dapat dipakai dan dipergunakan secara aman dan efisien; dan menjamin bahwa proses produksi dapat berjalan lancar di perusahaan," kata Hanif.

 

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengapresiasi sejumlah Gubernur dan pengusaha di Indonesia

Dikatakan Hanif, berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka meningkatkan pelaksanaan K3 bmeliputi kampanye, seminar, sosialisasi, training dan peningkatan pengawasan K3. Upaya tersebut sudah memperlihatkan hasil dimana perusahaan yang mempertahankan nihil kecelakaan setiap tahun mengalami peningkatan.

Jumlah perusahaan yang mendapatkan penghargaan kecelakaan nihil tahun 2018 sebanyak 952  perusahaan dan untuk tahun 2019 sebanyak 1.052 perusahaan, mengalami peningkatan sebesar 9,5%.

Perusahaan yang telah menerapkan SMK3 yang dibuktikan dengan hasil audit eksternal dan mempunyai sertifikat SMK3 tahun 2019 sebanyak 1466 perusahaan yang mendapatkan sertifikat SMK3.

Kesadaran perusahaan dalam menjalankan  Programpencegahan dan penanggulangan HIV - AIDS (P2HIV - AIDS) ini juga mengalami peningkatan, pada tahun 2018 sebanyak  123perusahaan, dan tahun 2019 sebanyak 172  perusahaan sehingga mengalami peningkatan sebesar 28,5%.

Penghargaan K3 merupakan agenda tahunan Kemnaker yang bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan K3 kepada perusahaan, pemerintah daerah, pekerja, dan berbagai pihak yang terkait dalam penerapan K3. Penghargaan ini meliputi penghargaan kecelakaan nihil, penghargaan SMK3, penghargaan program pencegahan dan penanggulangan HIV –AIDS di tempat kerja, dan penghargaan pembina K3 (untuk gubernur).

Dalam Penghargaan K3 Tahun 2019 kali ini, penghargaan kecelakaan nihil (zero accident) diberikan kepada 1.052 perusahaan. Penghargaan SMK3 diberikan kepada 1.466 perusahaan. Penghargaan program pencegahan HIV - AIDS di tempat kerja di berikan kepada 172 perusahaan, dan penghargaan pembina K3 terbaik untuk 17 gubernur, yaitu: Gubernur Jawa Timur, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara,Riau, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Jambi, Sumatera Selatan,Kalimantan Tengah, Nangroe Aceh Darussalam, Bali, Lampung, Sulawesi Utara dan  Sulawesi Tenggara. 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terdengar Ledakan Sebelum Api Membakar Bandara Nabire

Posted: 22 Apr 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Nabire - Suasana di Bandara Nabire mendadak panik. Petugas pemadam kebakaran, anggota TNI-Polri, karyawan, dan masyarakat berusaha memadamkan api yang melahap ruangan kantor perhubungan.

Ruangan ini sederet dengan VIP Room Bangunan Bandara Douw Aturure di Kabupaten Nabire, Papua pada Selasa siang (23/4/2019).

Dilansir dari Antara, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Kamal di Jayapura mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui. Dari informasi yang diperoleh, terdengar ledakan dari salah satu ruangan di Bandara Nabire sebelum api membesar.

Diduga ledakan berasal dari pendingin ruangan di salah satu bagian bangunan Bandara Nabire.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Untuk Sekali Ini, Gelandang Liverpool Jadi Suporter MU

Posted: 22 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Liverpool dan Manchester United (MU) merupakan rival bebuyutan. Namun, musim ini kesuksesan The Reds meraih gelar juara liga bergantung pada Setan Merah.

Rabu (24/4/2019) malam atau Kamis dini hari WIB, MU akan menjamu rival sekotanya, yakni Manchester City di Old Trafford. Jika bisa meraih hasil imbang apalagi menang, maka MU akan sangat membantu Liverpool.

Sebab hal itu akan membuat Liverpool dalam posisi unggul dalam perolehan poin dari City. Saat ini, The Reds meraih 88 poin dari 35 laga, untuk dua angka dari City yang baru memainkan dari 34 pertandingan.

Sementara bagi MU, kemenangan atas City akan menjaga peluang untuk finis di posisi empat besar.

 

Tidak Menonton

Pemain Liverpool James Milner (tengah) merayakan golnya ke gawang Fulham bersama Georginio Wijnaldum (kiri) dan Mohamed Salah pada laga pekan ke-31 Liga Inggris di Stadion Craven Cottage, London, Minggu (17/3). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Milner dibesarkan dalam keluarga yang tidak suka dengan Setan Merah. Saat masih kecil ia tumbuh sebagai pendukung Leeds United.

Ia kemudian bermain untuk Manchester City dan Liverpool. Namun demikian, untuk pertama kalinya ia akan mendeklarasikan diri menjadi suporter MU.

Tapi, Milner dengan tegas mengatakan tak akan menyaksikan derby Manchester itu. "Pertama kali dalam hidup saya," katanya kepada Sky Sports.

"Tapi, saya tidak akan menonton. Ini sedikit membuang energi, menginginkan bola di gawang lain," seru Milner.

"Saya tidak bisa berbuat apa-apa. Saya mungkin akan meletakkan ponsel saya selama beberapa jam dan memeriksanya sesudahnya. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan, mungkin keluar untuk makan," ujarnya.

 

Bukan Cuma City

Selain MU, City memiliki tiga laga tersisa melawan tim-tim mendioker. Mereka adalah Burnley, Leicester City, dan Brighton.

Banyak orang menganggap kans terbesar City untuk kehilangan poin berada di laga melawan MU. Namun, Milner menganggap tiga laga lainnya juga berpotensi membuat pasukan Josep Guardiola kehilangan angka.

"Ada tiga pertandingan tersisa setelah itu (United). Orang-orang berpikir United adalah sebuah tantangan, tetapi itu bukan satu-satunya," cetus Milner.

"Ini klise lama, tetapi Premier League sulit - siapa pun yang Anda lawan, banyak tim bertempur di bawah klasemen."

"Kembalilah ke QPR (ketika Milner memenangkan gelar di Man City pada hari terakhir) dan itu tidak mudah ketika Anda bermain untuk memenangkan gelar liga," tandasnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Mula Kedekatan Nam Taehyun dan Jang Jane

Posted: 22 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Korea Selatan - Penyanyi dan mantan idol dari grup Winner, Nam Taehyun dilaporkan telah menjalin hubungan cinta dengan Jang Jane.

Seiring dengan kabar tersebut, pihak agensi pun telah mengkonfirmasi kebenaran hubungan Nam Taehyun dan Jang Jane.

"Memang benar Nam Taehyun dan Jang Jane berpacaran. Mereka baru-baru ini mengembangkan perasaan yang baik untuk satu sama lain saat syuting untuk acara TVN Workshop, dan bertemu dengan baik," ujar pihak South Buyers Club, agensi Nam Taehyun.

Sebagai pasangan selebriti, Nam Taehyun dan Jang Jane tak sungkan untuk menunjukkan kemesraan mereka di ruang publik.

 

Dekat dari Variety Show

Nam Taehyun (Foto: Instagram/souththth)

Bahkan dalam foto-foto yang beredar, keduanya nampak begitu menikmati hubungan yang mereka jalin. Kedekatan Nam Taehyun dan Jang Jane berawal saat keduanya terlibat dalam acara variety show.

Seiring berjalannya waktu, keduanya pun semakin dekat hingga menjadi sepasang kekasih. Nantinya variety show 'Workshop' yang dibintangi Nam Taehyun dan Jang Jane akan tayang pada 1 Mei 2019 mendatang.

Variety show titu sendiri merupakan acara bertajuk asmara di mana 10 musisi muda akan tinggal dan menghabiskan waktu bersama untuk memproduksi musik. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasikan Taksi Listrik, Blue Bird Jadi Pelanggan Prioritas PLN

Posted: 22 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) memastikan menyediakan fasilitas pengisian energi untuk mobil listrik yang digunakan sebagai moda transportasi taksi. Kemarin, Blue Bird Group meluncuran armada taksi mobil listrik

Direktur PLN Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengatakan, PLN Disjaya bersama Blue Bird sepakat untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik di Indonesia melalui penandatanganan nota kesepahaman terkait penyediaan tenaga listrik untuk seluruh charging station milik Blue Bird pada 26 Oktober 2018. 

Saat ini, nota kesepahaman tersebut terealisasikan dengan peluncuran E-Taxi Blue Bird dengan 19 unit pengisian tenaga listrik di kantor Blue Bird yang menggunakan listrik dari PLN.

Menurutaryanto, sejak 2017 sebenarnya PLN telah aktif menginisiasi pembentukan gaya hidup baru di kalangan masyarakat Jakarta diantaranya dengan menjadi pelopor pengguna kendaraan listrik.

"Selain itu juga melakukan konvoi mobil listrik yang mencetak Rekor MURI, kerja sama dengan pemegang merek kendaraan listrik ataupun kendaraan hybrid ternama, dan menyosialisasikan penggunaan kendaraan listrik melalui setiap kesempatan," kata Haryanto, di Jakarta, Rabu (23/4/2019).

Blue Bird menjadi salah satu pelanggan prioritas PLN yang mendapatkan pasokan dari dua sumber listrik untuk keandalannya Konsumsi listrik masing-masing charging station berada di kisaran 41.500 VA, atau setara 40 ribu watt.

Terkait dengan peluncuran E-Taxi ini, Blue Bird telah meningkatkan layanan kelistrikan dari PLN, yang semula hanya menggunakan daya sebesar 414.000 VA kemudian tambah daya menjadi 1.385.000 VA.

Selain keandalan pasokan listrik, PLN juga memberi beberapa kemudahan layanan bagi Blue Bird dalam mewujudkan pengoperasioan E-Taxi, diantaranya pemberian diskon biaya penambahan daya sebesar 50 persen atau kurang lebih senilai Rp 300 juta, ditambah lagi dengan pemberian fasilitas angsuran pembayaran hingga 24 kali untuk proses penambahan daya tersebut.

"Berbagai kemudahan yang diberikan kepada Blue Bird merupakan bentuk dukungan PLN dalam melestarikan lingkungan, mengurangi emisi BBM, dan juga membantu mewujudkan Jakarta Langit Biru, dengan mendorong infrastruktur kelistrikan bagi charging station kendaraan listrik di Jakarta," tandasnya. 

Bluebird Luncurkan Armada Taksi Mobil Listrik

Blue Bird menggunakan mobil listrik BYD dan Tesla untuk menggantikan armada taksi konvensionalnya. (Septian P/Liputan6.com)

Bluebird meluncurkan mobil tenaga listrik dengan tipe BYD e6 A/T sebanyak 25 unit dan Tesla Model X 75D A/T sebanyak 4 unit.

Peluncuran ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di Kantor Pusat Bluebird, Senin (22/4/2019).

Luhut menyatakan pemerintah mendukung upaya Bluebird sebagai penyedia taksi asli Indonesia yang berinovasi untuk lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan. 

"Segala upaya anak bangsa yang bertujuan untuk membanggakan Indonesia harus selalu kita dukung, termasuk dari Bluebird," ujarnya di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Mobil listrik yang diluncurkan digadang akan membantu menghijaukan lingkungan. Direktur PT Blue Bird, Tbk Andrianto Djokosoetono menyatakan pengoperasian mobil listrik ini bisa memberikan nilai tambah di sektor lainnya.

"Sustainability merupakan fokus bisnis Bluebird. Pengoperasian e-taxi ini selain mendukung pelestarian lingkungan juga mendukung program ketahanan dan bauran energi nasional, program pengurangan penggunaan dan subsidi BBM serta program pengurangan emisi gas buang yang dilaksanakan pemerintah," ujarnya.

Jangan Takut Kemahalan, Segini Tarif e-Taxi Bluebird

Hari Kartini. (Foto: Dok. Blue Bird)

Bluebird menjadi operator taksi pertama di Indonesia yang mengoperasionalkan mobil listrik. Perusahaan taksi berlambang burung itu menggunakan 25 BYD e6 A/T dan empat (4) Tesla Model X 75D A/T sebagai e-Taxi mereka.

Menyoal tarif yang dikenakan untuk armada baru ini, Direktur PT Blue Bird Tbk Adrianto Djokosoetono menyebut, tidak ada perbedaan. Artinya, tarif e-Taxi Bluebird ini sama persis dengan armada konvensional yang saat ini beredar.

"Untuk tarif kami targetkan tetapo sama dengan Bluebird lainnya karena saat ini kami belum mendapatkan mobil dengan harga yang bisa membuat (tarif) menjadi lebih murah walaupun charge listriknya lebih murah daripada bensin," ujar Adrianto di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Sekadar informasi, tarif untuk e-Taxi BYD (Bluebird) dikenakan Rp 4.100/km, sementara untuk Tesla (Silvebird) antara Rp8.000-Rp9.000/km.

Dirinya juga menyebutkan, spesifikasi kendaraan yang digunakan sebagai e-Taxi sama persis dengan taksi-taksi listrik yang beredar di Cina maupun Inggris.

Untuk diketahui, unit BYD e6 A/T didatangkan langsung dari Cina, sementara Tesla Model X 75D A/T diimpor dari Inggris.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Lawan Liverpool, Barcelona Bertekad Segel Gelar Liga Spanyol

Posted: 22 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona bertekad segera memastikan gelar juara Liga Spanyol musim ini. Blaugrana ingin menyegel gelar itu sebelum laga semifinal Liga Champions berlangsung.

Dini hari nanti WIB, Barcelona akan mengunjungi markas Deportivo Alaves dalam lanjutan kompetisi Liga Spanyol. Sementara pekan depan, klub asal Katalan ini menghadapi Liverpool di semifinal Liga Champions.

Sekarang, Barcelona masih memuncaki klasemen Liga Spanyol. Lionel Messi dan kawan-kawan mengoleksi 77 poin dari 33 pertandingan, serta unggul sembilan poin dari Atletico Madrid, yang berada di posisi kedua klasemen.

Apabila Barcelona sukses menundukkan Alaves, sedangkan Atletico gagal mengalahkan Valencia seharian kemudian, maka Blaugrana dapat memastikan trofi Liga Spanyol musim ini.

"Banyak orang yang bertanya kepada saya jika kami ingin memastikan gelar juara La Liga Spanyol dan itu yang diinginkan banyak orang," ujar Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, seperti dilansir Reuters.

"Kami ingin memenangi La Liga, kapan pun itu memungkinkan dan kami ingin melihat jika kami bisa segera melakukannya," ucapnya.

 

Mainkan Dembele

Winger Barcelona, Ousmane Dembele sudah pulih dari cedera dan bisa dimainkan. (AFP/Lluis Gene)

Valverde menekankan bahwa tidak mudah untuk segera menyegel gelar Liga Spanyol, meski posisi timnya diunggulkan. Menurut Valverde, banyak tim yang yang harus dihadapi Barcelona di sisa musim ini.

Barcelona berpeluang memainkan pemain sayap Ousmane Dembele dalam laga kontra Alaves. Pemain asal Prancis itu sudah mulai pulih dari cedera hamstring bulan lalu.

Bermain Cepat

"Dia (Dembele) memang belum pulih 100 persen. Ia akan mendapatkan kembali irama permainannya sedikit demi sedikit. Ia sangat membantu saat bermain cepat saat menghadapi tim yang bermain dalam tempo tinggi," ungkap pelatih berusia 55 tahun itu.

Sejumlah pemain seperti Rafinha Alcantara, Thomas Vermaelen, dan Samuel Umtiti juga diragukan bisa turun membela Barcelona. Tapi, Blaugrana tetap favorit untuk mengalahkan Alaves.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Cuplikan Video After Credit Film Superhero Marvel yang Selalu Ditunggu

Posted: 22 Apr 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu pecinta film Marvel sudah menjadi kebiasaan bagi sebagain orang untuk tidak buru-buru  keluar dari bioskop hanya demi menunggu momen cuplikan after credit tayang. Biasanya, bagi mereka yang penasaran akan bela-belain untuk menunggu credit title benar-benar habis demi menyaksikan cuplikan 1 menit tanyangan after credit.

Namun, bagi kamu yang belum tahu istilah resmi untuk tayangan yang muncul di sepanjang credit title adalah stinger dan coda atau movie coda. Istilah ini biasanya dimaknai sebagai bentuk tayangan berdurasi singkat berisi bonus scene atau cerita yang justru berkebalikan dengan cerita utama film sehingga penonton semakin penasaran dengan jelan cerita film selanjutnya.

Biasanya after credit ini digunakan sebagai bentuk media bagi para karakter untuk berkomunikasi dengan para penonton. Dan salah satu cupilkan after credit yang paling banyak dikenal adalah dari film superhero Marvel. Nah, baru-baru ini pihak Marvel dalam akun Twitternya memosting rangkuman cuplikan after credit dari film super hero Marvel.

Berikut Liputan6.com rangkum 6 cuplikan after credit film super hero Marvel yang selama ini bikin kamu tunggu dan penasaran, Selasa (23/4/2019).

Saat dua saudara yang selalu bertengkar dan menganggap semua akan selesai

Thanos bersiap langsung muncul di gelanggang perang

Momen kepunahan sebagian manusia dan Ant Man mulai terjebak

Para superhero makan bersama dan menunggu kedatangan Thanos

Captain Marvel dan Wakanda Forever!

Awal pembentukan squad avengers

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemeran Arya Stark Maisie Williams Simpan Satu Barang dari Lokasi Syuting Game of Thrones

Posted: 22 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maisie Williams punya cara sendiri untuk terus menyimpan memori tentang perannya sebagai Arya Stark di Game of Thrones. Wajar saja, lantaran tahun ini merupakan waktu penayangan musim terakhir series yang pertama kali rilis pada 2011 tersebut.

Dilansir dari Bustle, Selasa (23/4/2019), penanggung jawab busana di series yang diadaptasi dari buku karya George R. R. Martin ini menuturkan telah mengirimi Maisie jaket kulit yang dipakai selama berlakon sebagai Arya.

Sebagaimana diketahui, jaket tersebut merupakan busana yang membuat Arya mirip dengan sang ayah, Ned Stark (diperankan oleh Sean Bean). Maisie mengaku sangat bersyukur dengan hadiah yang diterima dari lokasi syuting Game of Thrones.

"Saya bisa membayangkan sesuatu seperti 'Oh, saya pernah ada di pertunjukan ini dan ini adalah jaket yang saya pakai'. Lalu, cucu saya akan, 'Tolong berhenti'," canda Maisie saat hadir di The Radio 1 Breakfast Show dengan Nick Grimshaw seperti dilansir dari hellogiggles.com, Selasa (23/4/2019).

Jaket tersebut dikatakan sebagai ikon paling tepat untuk mengingatkan Maisie Williams pada transformasi karakter Arya, di mana dalam perjalanannya anak ketiga dari lima bersaudara tersebut sempat kesepian dan jauh dari keluarga, hingga ia menemukan cara untuk jadi ksatria.

 

Hanya Mengambil Jaket

Aktris asal Inggris ini memang sangat pandai memainkan setiap peran yang diterimanya. Salah satunya saat ia berperan sebagai Arya Stark di serial TV Game of Thrones. (AFP/Bintang.com)

Di samping jaket milik Arya, Maisie Williams mengatakan, ia tak mengambil apapun dari lokasi syuting Game of Thrones. "Sekarang hanya tertinggal debu di rambut dan di bawah kuku saya," ucapnya lagi sembari bercanda.

Berakhirnya series penuh intrik dan drama keluarga ini diakui Maisie membuatnya sedih. Karenanya, ia memilih untuk mengambil kenang-kenangan berupa barang paling ikonis dari karakter Arya yang diperankan.

"Saya menangis, benar-benar menangis. Saya coba berpidato. Tapi, saya hanya berbicara ngalor-ngidul selama setengah jam. Saya benar-benar sedih series ini sudah berakhir," tutur Maisie.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS dan India Ternyata Telah Peringatkan Ancaman Serangan Teror di Sri Lanka

Posted: 22 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Kolombo - Badan intelijen Amerika Serikat (AS) dan India telah memperingatkan pemerintah Sri Lanka tentang ancaman serangan segera, kata Harsha de Silva, Menteri Reformasi Ekonomi dan Distribusi Publik Sri Lanka.

Berbicara kepada presenter CNN, Christiane Amanpour pada Senin 22 April, de Silva mengatakan pemerintah Sri Lanka memang menerima informasi dari luar negeri bahwa sesuatu yang mengerikan akan terjadi.

"Tetapi perdana menteri tidak tahu tentang kabar itu," kata de Silva, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (23/4/2019).

De Silva, sekutu Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, berpendapat bahwa "itu bukan kegagalan aparat intelijen", tetapi kegagalan dalam mengimplementasikan respons yang tepat.

Di lain pihak, pada Minggu sore, PM Wickremesinghe tidak menampik bahwa mungkin ada informasi sebelumnya tentang serangan itu.

Namun, dia mengatakan bahwa tidak semua diberi informasi (tentang intelijen), dan itu adalah salah satu masalah yang harus diperhatikan sekarang.

"Untuk saat ini prioritasnya adalah menangkap para pelaku teror," tambahnya.

 

 

Penemuan 87 Detonator di Kolombo

Area restoran yang mewah di Hotel Shangri-La, Colombo, di mana terkena dampak ledakan bom. (AFP / Ishara S. Kodikara)

Sementara itu, kepolisian Sri Lanka, yang menyelidiki teror bom beruntun pada 21 April 2019, telah menemukan 87 detonator di sebuah halte bus di Ibu Kota pada Senin 22 April 2019 sore waktu lokal.

Juru Bicara Kepala Kepolisian Sri Lanka, Ruwan Gunasekara mengatakan bahwa halte bus yang dimaksud adalah Central Bus Stand (CTB) Colombo, demikian seperti dikutip dari CNN.

Belum segera jelas apakah detonator itu berkaitan dengan rangkaian ledakan pada 21 Maret 2019 atau akan hendak digunakan dalam aksi teror berikutnya.

Pada pagi hari yang sama, otoritas Sri Lanka menemukan sebuah bom pipa rakitan (IED) di jalan yang mengarah ke Bandaranaike International atau Bandara Internasional Kolombo pada Minggu 21 April 2019 malam waktu lokal.

Penemuan terjadi dalam durasi jam malam yang berlakukan di Sri Lanka sejak pukul 18.00 kemarin hingga 06.00 hari ini (waktu lokal).

Belum ada penjelasan merinci apakah bahan peledak rakitan itu berkaitan dengan rangkaian teror bom beruntun yang menghantam tujuh lokasi di Kolombo dan satu lainnya di Batticaloa, timur Sri Lanka.

Penyelidikan atas salah satu insiden mematikan dalam sejarah Sri Lanka itu masih berlangsung, dengan setidaknya satu kelompok bernama National Thowheed Jamath (NTJ) telah menjadi fokus utama investigasi.

Merusak Perdamaian Satu Dekade

Serangan teror pada hari Minggu itu merusak satu dekade perdamaian di Sri Lanka, pasca-berakhirnya perang saudara pada 2009 lalu.

Sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada 1948, konflik sporadis telah meletus antara kelompok minoritas dan pemerintah.

Periode kekerasan yang paling merusak terjadi pada medio 1983 hingga 2009, dengan pertempuran besar-besaran antara pemberontak separatis Tamil dan militer setempat. 

Meskipun Kolombo sebagian besar tetap bebas dari kekerasan sejak perang berakhir, namun tercatat beberapa ketegangan antara kelompok-kelompok Muslim dan mayoritas penganut Buddhis Sinhala.

Pada Maret 2018, keadaan darurat sempat diberlakukan di seluruh wilayah Sri Lanka untuk pertama kalinya sejak perang saudara.

Kebijakan itu ditetapkan berselang beberapa hari setelah insiden kekerasan antara komunitas Budha dan Muslim di pusat kota Kandy.

Kekerasan itu, yang dipicu oleh kematian seorang pemuda Budha Sinhala, yang diduga berada di tangan sekelompok pria Muslim, mengakibatkan kerusuhan dan aksi pembakaran terhadap sejumlah mmasjid dan usaha bisnis milik komunitas Muslim.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Eni Nuraeni, Pelatih Sprint Terbaik Asia

Posted: 22 Apr 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Eni Nuraeni terima penghargaan pelatih terbaik 2019 dari Asosiasi Atletik Asia (AAA).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parkir Lewati Garis, Pengemudi Diimbau Belajar Mewarnai

Posted: 22 Apr 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Texas - Memarkirkan mobil terdengar seperti hal yang mudah. Namun, jika Anda parkir sembarangan, bisa jadi orang lain yang menanggung akibatnya.

Biasanya di tempat parkir, lantai parkir akan diberi garis pembatas. Garis itu menjadi pembatas ruang setiap kendaraan.

Aturannya, mobil yang diparkir harus tepat di dalam garis yang sudah disediakan. Namun, ini cukup sulit dilakukan, apalagi jika pengendaranya baru saja bisa menyetir.

Jika parkir melewati garis, mungkin tak ada yang akan menghukum di Indonesia. Berbeda dengan di Texas, di sana pengendara bisa mendapatkan hukuman.

 

Selanjutnya

Seperti yang baru-baru ini terjadi. Sebuah mobil parkir melewati garis yang seharusnya. Dan itu artinya mengambil jatah parkir kendaraan lain. Kebetulan, ruang parkir yang diambil itu adalah untuk jatah penyandang disabiltas.

Dilansir Autoevolution, Polisi Southlake di Texas memberikan peringatan secara tertulis kepada pemilik mobil. Peringatan itu ditinggalkan di kaca mobil dan dijepit dengan wiper.

 

Selanjutnya

Polisi mengatakan bahwa si pemilik mobil sedang dalam masalah karena parkir melewati batas dan mengambil ruang milik disabilitas. Meski terbaca seperti candaan, tapi polisi sepertinya serius menyuruh si pemilik kendaraan untuk belajar mewarnai.

Polisi lantas mengunggah foto mobil itu ke akun facebook Southlake DPS. "We try to avoid snark and sass (we REALLY do), but sometimes our fair citizens make it hard. Please stay in the lines when you park ESPECIALLY if it's next to a handicapped spot or you might be the recipient of one of our new fliers. Be kind and drive kind and park kind! Let this graphic be an attention grabbing example so we don't have to end up going to FedEx Kinko's and making like thousands of copies of these," begitu tertulis pada wall Facebook Southlake DPS.

Sumber: Otosia.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Crazy Rich Arab Naik Mobil Belanja di Dalam Mall

Posted: 22 Apr 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adakalanya, kita tidak mengerti dengan kelakukan para orang kaya. Apa yang kita anggap janggal, malahan dianggap sesuatu yang wajar bagi mereka. Misalnya saja saat orang kaya berbelanja di dalam mall naik mobil. 

Artikel tentang crazy rich Arab yang berbelanja di dalam mall naik mobil menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel mengenai 4 bentuk kepribadian berdasarkan bentuk kaki. 

Sementara artikel ketiga tentang pria yang jago pakai sheet mask.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Demi Leluasa Belanja Naik Mobil Pribadi, Pria Arab Sewa Satu Mal

foto: twitter/@l_9mile

Pusat perbelanjaan atau yang kerap disebut mal memang menyediakan beragam kebutuhan hidup sehari-hari. Tak hanya pakaian, kalian juga bisa membeli berbagai benda penting lainnya.

Sayangnya, ketika mencari suatu kebutuhan orang kerap kali merasa enggan ke mal lantaran harus berdesakan dengan orang banyak.

Namun nampaknya hal ini tak berlaku bagi dua orang Arab yang sedang viral di media sosial ini. Bagaimana tidak, dua pria ini diketahui menyewa satu mal agar mereka bisa berbelanja dengan leluasa. Tak hanya sampa di situ, mereka bahkan mengendarai mobil di dalam mal tersebut.

Selengkapnya...

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2. Coba Dicek, 4 Bentuk Kaki Ini Menunjukkan Kepribadianmu

Ternyata, kepribadian seseorang dapat dilihat dari bentuk kakinya.

Kaki kita dapat berbicara banyak tentang asal usul dan tipe individualitas kita. Ada beberapa fakta yang dapat diketahui dari bentuk kaki Anda.

Melansir dari Betterme.tips, ini dia.

Selengkapnya...

3. Viral Video Pria Pakai Sheet Mask dengan Sempurna, Warganet Takjub

(@MothershipSG/twitter.com)

Salah satu yang sering dilakukan wanita untuk merawat wajah yakni rutin menggunakan masker. Banyak ragam masker yang biasa dipilih para wanita, salah satunya sheet mask atau masker yang berbentuk tisu.

Meski banyak dipilih karena dianggap simpel dalam memakainya, namun masker jenis tisu ini mudah kusut dan tidak bisa menempel dengan benar.

Namun nyatanya, hal tersebut tak dialami pria ini. Seorang pria yang tak diketahui identasnya memamerkan kemampuannya yang luar biasa saat menggunakan sheet mask.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawaban Menohok Tompi Bikin Pengacara Ratna Sarumpaet Terdiam

Posted: 22 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Teuku Adifitrian alias Tompi menjadi saksi dalam persidangan kasus penyebaran berita bohong alias hoaks atas terdakwa Ratna Sarumpaet. Dia pun menanggapi pertanyaan salah satu pengacara terkait kompetensinya mengomentari foto lebam Ratna.

Hal itu berawal saat pengacara membahas cuitan Fahri Hamzah di Twitter yang meminta agar Tompi sadar dengan kapasitasnya sebagai dokter bedah kulit dan tidak berlagak sebagai seorang fotografer ahli.

Tompi membalas cuitan itu dengan meminta Fahri Hamzah ingat Tuhan dan jangan menelan mentah-mentah informasi yang beredar. Terlebih, istri dari Fahri Hamzah juga seorang dokter.

"Apakah saudara fotografer?" tanya pengacara Ratna Sarumpaet dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

"Yes. Saya fotografer profesional," jawab Tompi tegas.

Jawaban itu langsung membuat pengacara Ratna Sarumpaet terdiam, layaknya terkena checkmate atau sekakmat dalam permainan catur.

Tompi menegaskan dirinya tidak hanya mendalami kedokteran bedah plastik. Namun juga terjun dalam dunia seni fotografi.

Sementara pengacara terdiam, Tompi menyatakan bahwa dirinya dokter bedah plastik, bukan dokter kulit seperti yang disebut Fahri Hamzah dalam cuitannya.

Datangkan Rocky Gerung dan Tompi

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet mendengarkan kesaksian saat sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (9/4). Sidang dengan agenda mendengarkan keterangan empat orang saksi, salah satunya yaitu Presiden KSPI, Said Iqbal. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Jaksa kasus hoaks atas terdakwa Ratna Sarumapet menjadwalkan kehadiran Rocky Gerung dan Teuku Adifitrian alias Tompi untuk menjadi saksi sidang lanjutan, Selasa hari ini.

"Insyaallah mereka sudah konfirmasi hadir, itu yang kita harapkan," tutur Koordinator Jaksa Penuntut Umum Daroe Tri Sadono di PN Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

Rocky dan Tompi sebelumnya diminta bersaksi pada Kamis, 11 April 2019 bersama dengan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Azhar Simanjuntak. Hanya saja keduanya tidak hadir dalam persidangan Ratna Sarumpaet.

Menurut Daroe, pemanggilan Tompi sendiri sesuai prosedur hukum sebagai saksi fakta, meski namanya tidak disebut dalam dakwaan dan berkas perkara.

"Karena yang penting prinsipnya dakwaan itu jelas, cermat, kemudian saksi-saksi yang hendak kita hadirkan adalah saksi yang menguatkan dalam dakwaan," kata Daroe.

Ratna Sarumpaet sendiri telah hadir di PN Jakarta Selatan sekitar pukul 08.30 WIB. Menurut dia, pemanggilan Rocky Gerung dan Tompi dalam persidangan tidak ada hubungannya dengan sangkaan JPU.

"Loh bukan, itu enggak ada hubungannya dengan sangkaan. Keterlibatan mereka kan pada awal. Kan, itu sudah diakui kebohongan. Jadi, ngapain lagi (diminta jadi saksi)," ujar Ratna.

"Sangkaan itu kan keonaran, apa hubungannya Rocky dengan keonaran," lanjutnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Cair, Oily, dan Gel, Mana Vitamin Rambut yang Paling Baik?

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap individu memiliki tipe rambut yang berbeda. Sebagian memiliki rambut yang lebih kuat dan lebih tahan saat terkena produk styling rambut. Tetapi jika tidak dirawat, rambut akan rusak juga pada akhirnya.

Hidup di negara tropis juga membuat seseorang lebih rentan terkena polusi dan paparan sinar matahari. Stres juga dapat memicu kerusakan rambut. Namun, perkembangan teknologi saat ini telah menghasilkan vitamin yang dapat mencegah serta memperbaiki kerusakan rambut.

Saat ini, vitamin rambut tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari cair, oily (minyak) hingga gel. Namun mana yang lebih baik?

Dokter Gloria Novelita menjelaskan vitamin mana yang lebih baik digunakan untuk menutrisi dan melindungi rambut.

"Vitamin cair memiliki efek proteksi yang kurang baik. Vitamin yang oily justru lebih bagus karena dapat lebih melindungi rambut. Sedangkan, gel justru akan lengket saat digunakan," kata dokter Gloria, saat ditemui pada 22 April 2019.

 

Cara gunakan vitamin rambut

Selain itu, cara penggunaan vitamin rambut juga sangatlah penting. Vitamin seharusnya dioleskan pada batang rambut. Vitamin nantinya dapat menutrisi bahkan melindungi rambut saat di-styling.

"Perhatikan penggunaan vitamin. Kulit kepala adalah tempat rambut tumbuh. Shampoo adalah hal yang tepat untuk kulit kepala. Penggunaan vitamin pada kulit kepala justru dapat menyebabkan iritasi atau memperburuk kondisi kulit kepala." kata dokter Gloria.

Gunakanlah vitamin untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Gunakan takaran yang sesuai. Ketebalan atau panjang rambut menentukan jumlah vitamin rambut yang Anda perlukan.

Penulis: Khairuni Cesario

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kumpulan Kata-Kata Puitis Tentang Cinta, Punya Makna Mendalam

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata puitis bisa diberikan untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang. Selain itu kata-kata puitis juga bisa diberikan untuk persahabatan, mengungkapkan rindu, kesedihan, dan lain sebagainya. Kata-kata puitis juga bisa digunakan untuk status di media sosial bahkan caption di foto Instagram.

Banyak kata-kata puitis yang tidak hanya di susun dari kata-kata saja, namun juga memiliki makna yang mendalam. Makna yang mendalam ini bisa menjadi motivasi hidup, dan bisa hanya untuk hiburan saja. Sekarang untuk membuat kata-kata puitis, kita tidak harus menjadi seorang penyair atau ahli bahasa. Orang biasa pun bisa membuat kata-kata puitis yang beragam dan memiliki banyak arti.

Kata-kata puitis bisa dijadikan karya tulis yang indah jika memiliki makna yang dalam dan ditulis tidak asal-asalan saja. Namun keindahan dari kata-kata puitis ini tergantung dari siapa yang membacanya, karena selera orang yang berbeda-beda. Berikut ini Liputan6.com akan memberikan beberapa kumpulan kata-kata puitis yang diambil dari berbagai sumber beserta makna yang terkandung di dalamnya, Selasa (23/4/2019).

Kata-kata Puitis Tentang Cinta

Gambar Kata-kata Cinta (Sumber: iStockphoto)

"Aku ingin memelukmu sekali lagi, membalas kecemburuanku pada angin yang bisa sewaktu-waktu memelukmu" - Fiersa Besari

"Dari semua tempat jauh yang kujangkau, tujuan akhirku tetap menuju engkau" - Wira Negara

"Kelemahan terbesar kita adalah selalu ingin terlihat kuat di depan orang-orang yang kita sayangi" - Adimas Immanuel

"Cintanya adalah paket air mata, keringat, dan dedikasi untuk merangkai jutaan hal kecil agar dunia ini menjadi tempat yang indah dan masuk akal bagi seseorang" - Dewi Lestari

"Tapi, inilah yang berbahaya dari cinta, kita tak pernah bisa merencanakan dan memilih kepada siapa akan jatuh cinta" - Djenar Maesa Ayu

"Dan bibirnya adalah sepotong puisi yang belum selesai. Aku yakin, hanya bibirku yang bisa menyelesaikannya menjadi sebuah puisi yang lengkap" - Leila S.Chudori

Kata-kata Puitis dari Penyair

"Aku adalah sinar silau panasmu dan bayang-bayang hangat mentarimu, bumi pasrah langitmu" - Gus Mus, Sajak Cinta

"Wahai, rembulan yang pudar. Jenguklah kekasihku! Ia tidur sendirian, hanya berteman hatinya yang rindu" - W.S. Rendra, Permintaan

"Bahwa yang selain bunga pun harus mekar tanpa menunggu musim panas yang segar" - D. Zawawi Imron, Refrein Den Haag Sore

"Malam Minggu. Hatiku ketar-ketir. Ku tak tahu apakah demokrasi dapat mengantarku ke pelukanmu dengan cara saksama dan dalam tempo sesingkat-singkatnya" - Joko Pinurbo, Malam Rindu

"Apakah yang telah memautkan kita selain kata. Seperti darah ketika luka mengungkapnya" - Iswadi Pratama

"Hujan kali ini bagai kata-kata cinta, yang mesra diucapkan Tuhan, dan kita khusuk menunduk mendengarnya" - Arifin C. Noer

"Asal mula adalah kata. Jagat tersusun dari kata. Di balik itu hanya, ruang kosong dan angin pagi" - Subagio Sastriwardoyo

Kata-kata Puitis dari Lirik Lagu

Ilustrasi (iStock)

"Selamanya, sampai tua, sampai jadi debu, ku di liang yang satu, ku disebelahmu" - Banda Neira, Sampai Jadi Debu

"Ingatkah engkau kepada embun pagi bersahaja, yang menemanimu sebelum cahaya. Ingatkah engkau kepada angin yang berhembus mesra yang kan membelaimu cinta" - Letto, Sebelum Cahaya

"Saat aku tak lagi di sisimu, ku tunggu kau di keabadian" - Bunga Citra Lestari, Cinta Sejati

"Tak terasa gelap pun jatuh. Di ujung malam menuju pagi yang dingin. Hanya ada sedikit bintang malam ini. Mungkin karena kau sedang cantik-cantiknya" - Payung Teduh, Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan

"Tanpa kata tanpa nada. Rintik hujan pun menafsirkan kedamaian. Hanya rasa hanya prasangka yang terdengar di dalam dialog hujan" - Senar Senja, Dialog Hujan

"Matahari sudah di penghujung petang, ku lepas hari dan sebuah kisah. Tentang angan pilu yang dahulu melingkupiku, sejak saat itu langit senja tak lagi sama" - Monita Tahalea, Memulai Kembali

"Karena hanya dengan perasaan rinduku yang dalam padaku, kupertahankan hidup. Maka hanya dengan jejak-jejak hatimu, ada arti kutelusuri hidup ini" - Sheila On 7, Pemuja Rahasia

Kata-kata Puitis dari Dialog Film

Film drama Indonesia yang mengangkat kisah hidup mantan presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie.

"100 itu sempurna, kamu 1 lebih sempurna" - Rectoverso

"Cuma ada satu orang buat satu orang. Itulah namanya belahan jiwa" - Janji Joni

"Aku hanyalah kunang-kunang, dan kau hanyalah senja, dalam gelap kita berbagi, dalam gelap kita abadi" - LOVE

"Aku tidak bisa berjanji untuk menjadi yang baik. Tapi aku berjanji akan selalu mendampingi kamu" - Habibie & Ainun

"Diantara miliaran manusia, pasti tuhan memiliki alasan mengapa kau dan aku dipertemukan" - Perahu Kertas

"Cinta itu, rela melihat orang yang kita cintai bahagia bareng orang lain" - My Heart

"Aku mungkin tidak cerdas, tapi aku tahu apa itu cinta" - Forest Gump

"Aku mencintaimu. Kamu adalah satu-satunya alasanku untuk hidup" - The Twilight Saga, New Moon

"Ketika kamu mencintai seseorang, dan kamu mencintai mereka sepenuh hati, maka perasaan itu tidak akan pernah hilang" - Forget Paris

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gianyar Ditetapkan Sebagai Kota Kerajinan Dunia

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gianyar Bali, ditetapkan sebagai Kota Kerajinan Dunia oleh World Craft Council Asia Facific Region.

Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat World Craft City (WCC) yang diserahkan langsung President World Craft Council Asia Pacific Region, Ghada Hiijawi Quddumi dan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufidah Jusuf Kalla kepada Pemkab Gianyar.

Wakil Bupati Gianyar, A.A Gde Mayun mengatakan, Penobatan Gianyar sebagai World Craft City atau Kota Kerajinan Dunia ini merupakan yang pertama di Indonesia setelah Yogyakarta ditetapkan sebagai Kota Batik Dunia pada 2014.

"Pengakuan ini, tak terlepas dari aktifitas masyarakat Gianyar yang sebagian besar bergelut di bidang seni dan kerajinan, sehingga dijuluki Bumi Seni. Predikat Bumi Seni yang disandang Gianyar, tak terlepas dari banyaknya karya seni yang monumental lahir di Gianyar," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Di Gianyar sendiri, lanjut dia, terus berkembang berbagai bentuk dan jenis karya seni yang dihasilkan oleh seniman-seniman muda yang kreatif dan inovatif.

Industri kerajinan di Gianyar merupakan salah satu usaha industri yang mengandalkan pada kreatifitas seni para seniman Gianyar, dikerjakan secara manual yang merupakan hasil cipta rasa dan karya tangan-tangan terampil perajin Gianyar.

Hingga akhir 2018, jumlah industri kerajinan di Kabupaten Gianyar berjumlah sebanyak 36.890 unit dan mampu menampung tenaga kerja hingga 81.946 orang.

"Hampir semua jenis industri kerajinan ada di Gianyar, yang dominan diantaranya kerajinan kayu, emas atau perak, tenun atau endek, bambu, pangan, dan kulit," ungkap Mayun.

 

Lebih Dikenal Mancanegara

Hasil kerajinan Desa Celuk di Bali (Dok.Instagram/@ reginafyossyna/https://www.instagram.com/p/oNj0ZfSOa9/?hl=en&tagged=desaceluk/Liputan6.com/Komarudin)

Dengan demikian Kabupaten Gianyar ddiharapkan tidak hanya dikenal sebagai daerah tujuan wisata, tetapi juga sebagai Kota Kerajinan Dunia atau World Craft City ( WCC).

"Dengan identitas ini saya harap dapat membuka peluang dan kesempatan bagi perajin Gianyar untuk berinteraksi dengan perajin yang ada di dalam maupun di luar negeri, sehingga terjadi alih pengetahuan, alih teknologi, serta kerjasama usaha, untuk memenangkan persaingan menembus pasar global," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla menyatakan, dengan penetapan ini diharapkan, Pemkab Gianyar akan lebih dikenal di mancanegara serta dapat membangun jejaring dengan World Craft City lainnya.

"Saya juga berharap prestasi ini dapat dipertahankan dan terus mengembangkan produk kerajinan di Gianyar yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan para pengrajin dan meningkatkan perekonomian di Kabupaten Gianyar," tandas Mufidah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Imbang, Sarri Ogah Temui Wartawan

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Gianfranco Zola menjelaskan alasan Maurizio Sarri absen dari jumpa pers usai laga Chelsea Vs Burnley, Senin (22/4/2019. Asisten manajer Chelsea itu menilai Burnley melakukan provokasi sehingga sempat terjadi kericuhan di lorong ganti.

Zola menggantikan Sarri dalam jumpa pers usai pertandingan. Ia menyebut manajer Chelsea itu masih dalam kondisi marah besar usai pertandingan.

"Sarri sangat frustrasi jadi dia tak mau berbicara dengan wartawan. Lagipula juga dia terkena kartu merah," kata Zola seperti dilansir Evening Standard.

"Selain itu dia juga mendengar cemooh dari staf tim lawan, saya tidak tahu apa. Yang jelas kami akan melaporkannya karena Sarri sama sekali tidak bahagia."

 

 

Tindak Lanjut

Ekspresi pelatih Chelsea, Maurizio Sarri pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Vicarage Road, Watford, Rabu (24/12). Pasukan Maurizio Sarri menang 2-1 atas Watford. (AFP/AP)

Dalam laga tersebut Chelsea mencetak gol melalui N'Golo Kante dan Gonzalo Higuain. Sementara tim tamu membalas melalui Jeffrey Hendrick dan Ashley Barnes.

"Kami mengerti ini hanyalah pertandingan sepak bola. Dan saya pikir kemarahan Sarri bukan soal adrenalin tetapi lebih dari itu," kata Zola.

"Ada sesuatu yang Sarri tak bisa pendam. Dan kami akan menindaklanjutinya."

Jadwal

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri memberikan instruksi selama pertandingan melawan Crystal Palace di Liga Inggris di Stamford Bridge, London (4/11). Chelsea menang atas Crystal Palace dengan skor 3-1. (AP Photo/Frank Augstein)

Rabu (24/4/2019)

01.45 WIB Watford Vs Southampton

01.45 WIB Tottenham Vs Brighton

Kamis (25/4/2019)

01.45 WIB Wolverhampton Vs Arsenal

02.00 WIB MU Vs Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar Hari Buku Sedunia Puncaki Trending Topic Twitter

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Selasa (23/4/2019), para pencinta buku di berbagai negara di dunia memperingati Hari Buku Sedunia.

Sebagai informasi, sejarah peringatan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada hari ini pertama kali dibuat pada 1923.

Digagas oleh penjual buku di Spanyol, peringatan Hari Buku Sedunia ini merupakan cara untuk menghormati penulis Miguel de Cervantes yang meninggal pada hari itu.

Barulah mulai tahun 1995, peringatan Hari Buku Sedunia ini pun dimulai. UNESCO memutuskan, World Book Day dan Copyright Day atau Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia dirayakan pada 23 April.

Tak hanya dirayakan di dunia nyata, warganet pun meramaikan lini masa Twitter dengan #HariBukuSedunia.

Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, twit warganet banyak yang berisikan ajakan untuk lebih rajin membaca buku. Berikut ini rangkumannya.

Keliling Dunia dengan Membaca Buku

Ilustrasi belajar

Peringatan Hari Buku Sedunia di Indonesia

Ilustrasi penulis buku (trivia)

Di Indonesia sendiri, peringatan ini baru dimulai tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca. Tentunya peringatan Hari Buku Sedunia ini dibuat dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Dikutip Vemale, berdasarkan data Unesco dari 1.000 penduduk Indonesia yang minat membaca hanya satu orang atau perbandingannya 1000:1. Kemudian dari sisi jumlah buku, 1 buku dibaca 15 ribu orang padahal yang seharusnya menurut Unesco, 1 buku hanya dibaca untuk 2 orang.

Selain itu, tingkat akses masyarakat Indonesia terhadap buku juga masih sangat kecil, yakni berkisar 41 persen. Rata-rata hanya 2 persen dari bangsa Indonesia yang datang ke perpustakaan. Yuk, mulai sekarang lebih rajin membaca buku.

(Ysl/Jek)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagi, Ketua KPPS Meninggal Diduga Kelelahan

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya ketua KPPS terjadi di kota Bogor, Jawa Barat. Almarhum Sofyan sempat mengaku sakit tenggorokan malam sebelum meninggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indra Bruggman Resmi Balikan dengan Helmalia Putri?

Posted: 22 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indra Bruggman santer dikabarkan balikan dengan Helmalia Putri. Hal itu terungkap dari kedekatan Indra dan Helmalia beberapa waktu belakangan ini.

Ketika disinggung mengenai gosip tersebut, Indra Bruggman tegas membantah. Menurut Indra, dirinya belum mengalami cinta lama bersemi kembali (CLBK) dengan Helmalia Putri. "Enggak, enggak ada kok. Nggak ada CLBK," ujar Indra Bruggman di kawasan Depok, Jawa Barat.

Hanya saja, Indra Bruggman tak membantah bahwa ia pernah berkomentar di Instagram Helmalia. Menurutnya, itu hanyalah ajang silahturahmi sekaligus bergosip bersama.

"Iya, karena memang follow Instagram-nya. Kalau menemukan sesuatu yang menarik, ya di komentarin. Sebenarnya agak sedikit julid gitu, sama kaya netizen-netizen lain-lah," papar Indra.

Silaturahmi

(Via: instagram.com/@helmaliaputri_official)

Hal senada juga disampaikan Helmalia. Tetapi, perempuan 37 tahun ini mengaku hubungannya dengan Indra selalu baik walau kisah asmara mereka tak berujung di pelaminan.

"Iya, senang saja kita bisa silahturahmi bareng lagi kan. Sebenarnya, kita juga walau putus, habis itu juga kita enggak pernah yang kayak musuhan gitu. Masih tetap ada berkabar," imbuh wanita yang akrab disapa Puput ini.

Teman Curhat

Indra Bruggman

Walau keduanya mengaku kedekatan mereka hanya sebatas teman, namun rupanya Indra masih kerap menceritakan kesibukannya pada Helmalia.

"Enggak tiap hari. Kalau, misalnya enggak yang lama misalnya yang kita bisa diskusi saya juga sibuk bisnis dengan kegiatan sibuk yang lain. Alhamdulillah, sekarang kebetulan bisa syuting bareng karena kemarin diajak enggak pernah bisa karena syuting terus," tandas Indra. (Aginta Kerina Barus/JawaPos.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jedar atau Ria Ricis, Siapa yang Paling ‘Racun’ dalam Hal Belanja?

Posted: 22 Apr 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak kenal artis Jessica Iskandar dan Ria Ricis ? malang melintang dijagat hiburan membuat kedua artis ini sangat diidolakan. Tak melulu mengenai kehidupan artis tersebut. Namun terkadang dua artis itu kerap memberikan rekomendasi fesyen pada akun Instagram pribadinya.

Pertama Jessica Iskandar atau biasa disebut Jedar. Yap, kehadirannya kerap menjadi sorotan publik. Tidak hanya karirnya di dunia hiburan tanah air, gaya dan penampilannya juga menjadi inspirasi para penggemar.

Bahkan tidak jarang gaya dan tampilan ibu dari El Barack Alexander ini, dibahas pada akun instagram khusus untuk rekomendasi para penggemarnya. Yuk, intip gaya ibu satu anak ini.

View this post on Instagram

Guyss, pasti kamu suka bingung kalau barang-barang yang aku rekomendasiin beli-nya dimana? Terus juga pasti repot kan harus cek postingan-ku satu persatu untuk tau apa aja yang suka pakai! Plus belum harus nyari toko yang jual barangnya satu persatu. Nah sekarang lebih mudah temukan #RacunAlaJedar hanya cek profil @Tokopedia aku! Mulai dari Brush set , eyeshadow palette favoritku Sampe kacamata yang selalu menghiasi OOTD-ku Dan itu semua bisa kamu temukan dengan klik link di BIO aku! Sooo, nggak perlu bingung lagi ketika kamu mau nyari-nyari barang ala aku, karena di profil Tokopedia-ku kamu bisa temukan seluruh rekomendasi yang selama ini aku racunin di Instagram! Yuk, langsung follow dan belanja di profil Tokopedia ku sekarang dengan link di bio aku! #MulaiAjaDulu #TokopediaBYME

A post shared by Jessica Iskandar (@inijedar) on

Dari postingan Jedar tersebut, berbagai rekomendasi fesyen ditampilkan oleh Jedar. Mulai dari sepatu, alat catok rambut, tas, kacamata sampai alat make up. Dari rekomendasi itu, Jedar tampil stylish dan fashionable.

Dalam caption-nya, Jedar menuliskan, "Guyss, pasti kamu suka bingung kalau barang-barang yang  aku rekomendasiin beli-nya dimana? Terus juga pasti repot  kan harus cek postingan-ku satu persatu untuk tau apa aja yang suka pakai! Plus belum harus nyari toko yang jual barangnya satu persatu.  Nah sekarang lebih mudah temukan #RacunAlaJedar hanya cek profil @Tokopedia aku"

Lain Jedar, lain pula Ria Ricis. Tampil berbusana muslimah, Ria Ricis juga memberikan rekomendasi barang-barang untuk para pengemarnya. Sama seperti Jedar, mulai dari sepatu, tas, topi hingga kacamata.

Ria Ricis menuliskan caption, "Halo teman teman,pasti kamu suka bingung kalau barang-barang yang aku rekomendasiin beli-nya dimana? Terus juga pasti repot kan harus cek postingan-ku satu persatu untuk tau apa aja yang suka aku pakai! Plus belum lagi harus nyari toko yang jual barangnya satu persatu. Nah sekarang lebih mudah temukan #RacunAlaRicis hanya cek profil @Tokopedia aku!"

Nah, kira-kira siapa sih artis yang paling "racun" mengenai fashion? Jedar atau Ria Ricis?

Kamu bisa saksikan duel para artis itu dalam 'Tokopedia Semarak Duel Seleb', Pukul 20.00 Wib, Rabu 24 April 2019, Live dari Studio Emtek, Daan Mogot. di SCTV, Trans 7, Net TV dan Aplikasi Tokopedia.

Dalam duel itu, Jedar vs Melaney Ricardo, Ria Ricis vs Fitrop dan Fashion Show dari Widi Mulia (AB Three) vs Olla Ramlan.

Semarak Duel Seleb Tokopedia

Serunya, dalam semarak duel seleb ini, mereka akan mengadu siapa yang paling keren. Nah, pemenang akan ditentukan dari hasil voting dari para penonton melalui Tokopedia Play. Cara gabung di Tokopedia Play juga gampang banget. Penonton tinggal buka aplikasi Tokopedia versi terbaru, kemudian shake-shake saat acara berlangsung. Acara tersebut juga bakal dimeriahkan oleh 3 Diva dan GAC.

Jangan lupa, buruan update aplikasi Tokopedia-mu dan ikutan vote seleb favorit. Tak lupa, Tak lupa, tap tap telur dari aplikasi Tokopedia saat acara berlangsung ya. Kamu bakal berkesempatan mendapatkan Toyota Fortuner, iPhone XS dan Gift Card Tokopedia. Wow.

Ayo dukung Duel Seleb favorit kamu!

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang Meninggal Dunia

Posted: 22 Apr 2019 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Sempat masuk keluar Rumah Sakit Colombia Asia Medan, Bupati Asahan, Sumatera Utara, Taufan Gama Simatupang, meninggal dunia dalam usia 55 tahun, Senin malam, setelah menjalani perawatan di RS Colombia.

Kabar duka ini juga dibenarkan General Manager RS Colombia Asia Medan Reinhard L Tobing di RS Colombia.

Berdasarkan informasi dihimpun, Taufan telah lama mengalami sakit jantung. Dia meninggal dunia di RS Columbia Asia, Jalan Listrik, Medan, sekitar pukul 18.50 WIB

"Benar (Taufan meninggal dunia). Kami mendapat kabar sekitar pukul 19.00 Wib," kata Taufik Zainal Abidin, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Senin (22/4/2019).

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan mantan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi telah datang melayat ke RS Columbia Asia. Edy tiba bersama istrinya, Nawal Lubis.

"Saya turut berbelasungkawa, Semoga husnul khatimah," ujarnya singkat.

Jenazah Taufan kemudian dibawa menggunakan ambulans ke rumah duka di Kota Kisaran. Rombongan berangkat dari RS Columbia Asia sekitar pukul 20.28 Wib.

Taufan merupakan sosok yang sangat terkenal di Asahan. Pria kelahiran Medan, 28 Agustus 1963 itu hampir 2 periode menjabat sebagai bupati Asahan, yakni 2010-2015 dan periode 2016-2021. Sebelumnya, dia menjabat Wakil Bupati.

 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laga Persija vs Ceres-Negros di Piala AFC 2019 Digelar Tanpa Penonton

Posted: 22 Apr 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panpel laga Persija Jakarta merilis Ceres-Negros merilis informasi terbaru tentang laga matchday keempat Grup G Piala AFC tersebut. Panpel Persija mengabarkan pertandingan yang akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (23/4/2019), digelar tanpa penonton.

Dalam rilis yang diterima Bola.com, Selasa pagi WIB (23/4/2019), Ketua Panpel Persija, Haen Rahmawan, menyampaikan permohonan maaf kepada calon penonton. Hal itu karena pertandingan yang dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, ini terpaksa tak bisa diselenggarakan dengan penonton.

Pada Senin malam (22/4/2019), setelah berkoordinasi dengan Kepolisian, sempat muncul kepastian duel ini dimainkan tetap dengan kehadiran penonton.

Namun, Haen mengungkap, kepastian duel Persija menjamu Ceres-Negros akhirnya tanpa penonton ini merujuk surat dari kepolisian bernomor SI/Yanmas/172/IV/YAN 2.1/2019/Bantelkam. "Saya ingin merevisi pernyataan semalam. Jadi, ada keputusan perihak pihak Kepolisian mengeluarkan surat status memberikan izin bermain tanpa penonton. Dengan demikian kami harus menjalankan apa yang diputuskan pihak Kepolisian," ungkap Haen.

 

Tidak Datang ke Stadion

Piala AFC 2019: Persija Jakarta vs Ceres-Negros. (Bola.com/Dody Iryawan)

Haen menambahkan, ini merupakan keputusan terbaik. Selain meminta maaf kepada calon penonton, ia berharap khususnya kepada kelompok suporter The Jakmania, untuk tidak datang ke stadion.

"Kami harus ambil sisi positifnya. Saya harap Jakmania bisa menerima dan mengikuti imbauan untuk tidak datang ke stadion. Apa yang diputuskan oleh Kepolisian, harus ditaati," imbuhnya.

"Kami mohon maaf kepada penonton yang telah membeli tiket secara online. Pembeli akan mendapatkan refund setelah melengkapi data-data yang diperlukan" ujar Haen.

"Bagi penonton yang ingin mengembalikan dana, dapat menghubungi CS loket.com," tambah Haen.

Laga Persija kontra Ceres-Negros masih bisa disaksikan melalui layar kaca mulai jam 15.30 WIB.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Pejabat Kemenag Terkait Kasus Suap Romi

Posted: 22 Apr 2019 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Kepala Bagian Mutasi Sekretariat Jenderal Kementerian Agama (Setjen Kemenag) Sujoko dalam kasus jual beli jabatan di Kemenag. Sujoko akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Ketum PPP Romahurmuziy alias Romi.

"Yang bersangkutan (Sujoko) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RMY (Romi)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (23/4/2019).

Selain Sujoko, penyidik juga akan memeriksa Kabag Tata Usaha Pimpinan Biro Umum Setjen Kemenag Khoirul Huda Basyir Habibullah. Khoirul juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Romi.

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Romahurmuziy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Romi, KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

 

Usut Kasus Lain

KPK menemukan bahwa Romi tak hanya bermain pada proses jual beli jabatan di Kanwil Kemenag Jawa Timur. KPK mengaku menerima banyak laporan bahwa Romi bermain di banyak daerah di Tanah Air. KPK pun berjanji akan mendalami hal tersebut.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Romi dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menenukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Romi.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif bersama petugas bersiap menunjukkan barang bukti hasil OTT Ketum PPP Romahurmuziy, di gedung KPK, Sabtu (16/3). KPK menetapkan Romi sebagai tersangka suap pengisian jabatan di Kementerian Agama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: