Rabu, 17 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Tebak-Tebakan ala Asisten Google Ini Bikin Senyum Sendiri

Posted: 17 Apr 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri penggunaan smartphone telah menjadi salah satu hal yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari.  Salah satu fitur yang ada di smartphone android yang cukup membantu ialah Google Assistant atau asisten Google. 

Ada berbagai macam kemudahan yang ditawarkan oleh asisten Google ini, salah satunya membantu menerjemahkan ke berbagai bahasa. Sebagai contoh, kamu dapat bertanya 'Apa bahasa Arab untuk Halo?'. Nantinya, hasil terjemahan akan ditampilkan di layar bersamaan dengan pengucapan sebenarnya.

Selain itu, asisten Google juga bisa mengingatkan kamu untuk agenda yang telah kamu buat. Tetapi, rupanya asisten Google ini juga bisa membuat kamu tertawa dengan tebak-tebakannya. Penasaran kan, apa aja tebak-tebakannya?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 7 tebak-tebakan ala Asisten Google yang bikin senyum sendiri, Kamis (18/4/2019).

Bisa nebak jawabannya enggak nih?

 

1. Hmm jalannya sama aku, pacarannya sama yang lain juga bisa

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/@sabtrizal)

 

2. Kan ada kamu jadi aku enggak kesepian lagi

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/ @ia_ia_ia2)

 

3. Wah ini bener banget nih!

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/@tellyaasha)

Jawabannya bikin tergelak tawa

 

4. Enggak cuma marah mah kalau ini!

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/ @Supryadi__ART

 

5. Lagu siapa sih ini? kok aku enggak goyang

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/@safiraresa)

 

6.  Bisa pakai emoji juga yaaa~

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/@niekensinlar

 

7. Bisa aja nih, aku kan jadi tersipu maluu

Tebakan Asisten Google (Sumber: Twitter/basibanget)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Fakta Tentang Celupin Jari ke Tinta Setelah Nyoblos

Posted: 17 Apr 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah gunakan hak pilih di TPS, jari wajib dicelupkan ke tinta ungu. Ternyata kegiatan tersebut untuk hindari kecurangan, satu orang satu suara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tweet Kocak Warganet Soal Misteri Hilangnya Sandiaga Uno

Posted: 17 Apr 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Calon Presiden Prabowo Subianto sempat menggelar jumpa pers pada Rabu sore (17/4/2019).

Jumpa pers itu ditujukan untuk membahas mengenai hasil hitung cepat atau quick count. Dalam pidatonya, dia mengaku tidak percaya dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Namun, dalam jumpa pers tersebut tidak terlihat kehadiran Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno. Absennya Sandiaga pun menimbulkan tanda tanya di antara warganet.

Banyak yang mempertanyakan keberadaan Sandiaga saat itu. Pembahasan soal Sandiaga dengan tagar #MisteriHilangnyaSandiagaUno pun ramai dikicaukan warganet di Twitter.

Meski kebanyakan tweet tersebut berisi pertanyaan mengenai absennnya Sandiaga sejak kemarin, berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (18/4/2019), ada pula sejumlah kicauan lucu.

Salah satunya ada kicauan dari warganet yang menyebut bahwa Sandiaga ternyata tersesat. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kicauan warganet yang sudah dihimpun.

Belum Muncul ke Hadapan Publik, Sandiaga Kelelahan?

Nur Asia dan Sandiaga Uno (dok. Instagram @nurasiauno/https://www.instagram.com/p/BoiimGwga2h/Putu Elmira)

Calon wakil presiden Sandiaga Uno belum juga terlihat setelah hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 diumumkan.

Pantauan Merdeka.com, di kediaman Sandiaga Uno hari ini, beberapa mobil polisi masih terparkir.

Sejumlah pengawal juga bersiaga di depan rumah dan sebagian duduk di taman yang berada persis di rumah mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu di Jalan Pulombangkeng, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/4/2019) pagi.

Dua penjaga berpakaian batik cokelat berjaga di depan gerbang rumah bercat krem tersebut.

Salah seorang pengawal mengatakan belum ada informasi apakah Sandiaga ada kegiatan hari ini. Dia menyebut saat ini Sandiaga masih beristirahat karena kelelahan.

"Masih istirahat, kecapekan soalnya," ujar dia.

Biasanya, kata pengawal ini, Sandiaga pagi-pagi berolahraga basket atau lari. Namun, pagi ini Sandiaga lebih memilih beristirahat dalam rumahnya.

Sebelum pencoblosan, Sandiaga umrah bersama istrinya, Noor Asia Uno. Setelah itu, pada Rabu (17/4/2019), sebelum pemungutan suara, Sandiaga mulai beraktivitas dengan salat tahajud dan salat subuh berjemaah. Sebelum menuju TPS, Sandiaga meminta doa kepada ibunya, Mien Uno.

Setelah mencoblos di TPS 002, Jalan Sriwijaya, Sandiaga terus beraktivitas sampai malam hari dan baru kembali dari rumah Prabowo Subianto pada pukul 22.45 WIB.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Kawasaki Ninja Listrik Dipatenkan

Posted: 17 Apr 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Produsen otomotif asal Jepang, Kawasaki secara resmi mengajukan hak paten untuk sepeda motor listrik berbasis Ninja. Menggunakan baterai yang bisa ditukar, gambar tersebut mengungkapkan pengaturan sistem pada kendaraan untuk menjadi hak paten.

Seperti dilansir Motorbeam, Kamis (18/4/2019), frame tubular terlihat pada motor listrik tersebut. Tak hanya itu, terdapat juga sisi rangka yang dapat dilepas sehingga akses ke kompartemen baterai akan lebih mudah.

Selain itu, Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki telah bekerjasama untuk mengembangkan teknologi baterai yang dapat ditukar dan standar pengisian untuk sepeda motor listrik.

Hal itu menunjukan arah perkembangan kendaraan listrik roda dua dari keempat perusahaan raksasa Jepang tersebut.

Baterai yang dapat dilepas dan ditukar diklaim sangat penting untuk kendaraan listrik, karena waktu pengisian yang dibutuhkan untuk mengisi penuh daya cukup lama.

 

Selanjutnya

Solusi ini juga memungkinkan orang untuk melakukan tur jarak jauh dengan hanya menukar baterai.

Sistem baterai swappable baru Kawasaki terlihat seperti baterai sepeda motor listrik pada umumnya. Perusahaan geng ijo tersebut tampaknya juga telah mengembangkan rak baterai.

Masih sangat baru, gambar paten tersebut kemungkinan masih harus menunggu sebelum benar-benar diluncurkan.

Kepincut Kawasaki Ninja 250SL, Intip 5 Kelebihannya

Tampilan Ninja 250SL baru saja disegarkan oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu. Statusnya bukan generasi baru, namun hanya perubahan pada grafis dan cat. 

Bagi Anda yang ingin meminang motor ini, sedikitnya ada lima fakta menarik yang patut diketahui. Berikut daftarnya seperti dilansir Oto.com.

Harga

Banderol yang ditawarkan untuk semua Kawasaki Ninja 250SL, Rp 37,9 juta. Betul masih harga promo dan besaran naik Rp 1 juta dari model 2018. Angka ini sebetulnya jauh lebih menggiurkan dari motor 150 cc lain. Misal Honda yang melego CBR 150 R ABS Repsol Rp 38,75 juta. Sementara pabrikan lain, Yamaha Indonesia menjual R15 Movistar Rp 36,36 juta. Dengan kubikasi lebih besar, harga yang dilabelkan pada Ninja 250SL tak melewati batas psikologis. Ini bisa menjadi pilihan menarik di kelas 250 cc.

Mesin 250 Cc

Andai Anda punya dana yang tak banyak, namun ingin sekali memiliki motor 250 cc, Ninja jadi pilihan pas. Walau mesin hanya memiliki silinder tunggal, toh masih sangat bisa diandalkan. Dari pembakaran jantung pacu, tersembur tenaga 27,6 Tk pada 9,700 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 22,6 Nm pada 8,200 rpm. Engine DOHC 4 katup ini, punya diameter langkah 72.0 x 61.2 mm dan kompresi 11,3:1. Dengan transmisi manual 6-speed, cukup untuk diajak melesat kencang.

Handling

Ninja 250SL punya handling yang sedikit lebih lincah dari saudaranya. Maklum saja, bobot bodi hanya 151 kg. Ditambah posisi setang yang agak tinggi. Saat Anda menaiki motor, rasanya tak terlalu banyak membungkuk. Posisi santai masih bisa didapat untuk pengendaraan yang jauh. Bodinya pun sangat kompak dengan ukuran 1,935 mm x 685 mm x 1,075 mm. Motor masih sanggup mengakomodasi dan memasuki celah jalan yang macet. Setidaknya masih nyaman sebagai motor harian.

Selengkapnya baca di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Paras Ketua Umum PSI Grace Natalie dalam Polesan Bold Makeup Andalan

Posted: 17 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali karier di dunia jurnalis, Grace Natalie sekarang berkiprah sebagai politikus dengan mengemban jabatan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Di samping rentetan gagasan, paras menawan perempuan 36 tahun ini kiranya jadi sebab lain banyak mata melirik.

Lewat sederet unggahan di akun Instagram-nya, @gracenat, Grace kerap kali berbagi potret diri, di mana makeup bold terlihat sebagai pulasan andalan. Titik beratnya selalu berada di bagian mata dengan makeup dibuat terkesan heavy.

Seperti dalam salah satu potret yang memperlihatkan Grace Natalie dalam tatanan rambut ikal dan tampil manis dengan poni depan. Namun demikian, kesan bold tetap diperlihatkan lewat penggunaan eyeliner, ditambah eyeshadow berwarna gelap memenuhi kelopak.

Makeup dengan kesan bold di bagian mata diimbangi dengan pemakaian warna terkesan chromatic di bagian bibir dan tulang pipi. Tampilannya jadi lebih segar dengan aplikasi highlighter di beberapa bagian wajah.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. (dok. Instagram @gracenat/https://www.instagram.com/p/BcXMhfqjufx/)

Namun, di waktu lain, Grace juga tak ragu berpenampilan bold secara all out. Riasan smokey eyes yang diperlhatkan ditegaskan dengan pemakaian lipstik berwarna gelap, kendati tetap dengan warna terkesan nude.

Pulasan riasan alis on point, besarta pemakaian contour di bagian hidung kian menegaskan kesan bold dari makeup yang dpulaskan Grace Natalie. Tatanan rambutnya yang simpel membuat perhatian sangat mungkin tertuju ke wajah.

Variasi Makeup Bold ala Grace Natalie

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. (dok. Instagram @gracenat/https://www.instagram.com/p/BZsMIvDDoc1/)

Insprasi makeup dengan kesan semi bold juga bisa disontek dari Grace Natalie. Masih dengan penggunaan eyeliner dan eyeshadow berwarna gelap, hanya saja pengaplikasiannya dipadankan dengan lipstik merah muda nan feminin.

Pemakaian blush on berwarna senada juga kian menambah kesan segar dalam penampilan Grace. Pemakaian warna ini membuatnya terkesan manis walau tanpa tatanan rambut berupa poni depan. 

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. (dok. Instagram @gracenat/https://www.instagram.com/p/BeNDAb1jdmf/)

Makeup dengan kesan bold nyatanya juga bisa dihadirkan tanpa pulasan eyeliner tebal. Pemanfaatan eyeshadow berwarna gelap, kali ini Grace memakai cokelat tua, juga bisa membantu menghasilkan bold makeup.

Pemakaian eyeshadow ini diselaraskan dengan lipstik yang dipulas. Senada dengan warna riasan di bagian mata, Grace mengaplikasikan lipstik dengan dominan warna cokelat di penampilan kali ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati! PNS yang Tak Netral saat Pilpres Bakal Diganjar Sanksi

Posted: 17 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berakhirnya pemilu 2019, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menghimbau agar para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk selalu menjaga netralitasnya dan tidak berkecimpung dalam politik praktis.

Syafruddin menambahkan jika nantinya ada PNS yang ketahuan mengabaikan netralitasnya maka akan ada sanksi yang diberikan dari masing-masing instansi pemerintah yang membawahinya.

"Sanksi dan sebagainya? Itu akan diselesaikan secara komprehensif. ASN dibawahi oleh kementerian/lembaga dan pemerintah masing-masing," ujarnya di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Dalam hal ini, Syafruddin memberi tugas kepada setiap instansi pemerintah, baik kementerian/lembaga, pemerintah pusat, provinsi dan daerah untuk mengawasi masing-masing pekerjanya.

Selain itu, ia juga menghimbau agar para PNS agar tidak bolos kerja pada hari ini mengingat hari ini jadi hari kejepit nasional karena pada Jum'at 19 April 2019 esok merupakan hari perayaan wafatnya Isa Al-Masih.

"Kementerian PANRB selaku penanggung jawab meminta kepada seluruh ASN untuk kembali bekerja di aktivitasnya masing-masing walau besok (Jumat) libur," ungkapnya.

"Hakiki dari sebuah negara bangsa, masyarakat harus dilayani agar bangsa negara bisa berjalan dengan baik. Saya meminta kepada seluruh ASN untuk kembali aktif melayani masyarakat sesuai dengan tugasnya," tambahnya.

BKN Temukan 990 Pelanggaran Netralitas PNS

Ilustrasi PNS. www.pdk.or.id

Sesuai dengan Surat Edaran Kepala BKN Nomor 02/SE/2016, Aparatur Sipil Negara atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia dituntut untuk netral baik dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), pemilihan Calon Legislatif (Pileg) maupun pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres).

Namun, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat terdapat 990 kasus pelanggaran netralitas yang dilakukan PNS terhitung sejak Januari 2018 hingga Maret 2019.

Berdasarkan rekapitulasi data BKN bekerjasama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), 99,5 persen pelanggaran didominasi pegawai instansi daerah yang meliputi provinsi, kabupaten dan kota. Pengaduan diterima dari laman pengaduan LAPORBKN, email Humas dan media sosial (medsos).

Pelanggaran netralitas PNS ini sebagian besar dilakukan melalui medsos, mulai dari menyebarluaskan gambar pasangan calon, memberikan dukungan, berkomentar, sampai mengunggah foto untuk menyatakan keberpihakan terhadap pasangan calon (paslon) tertentu.

Selain aktivitas medsos, pelanggaran netralitas yang diterima juga berupa bentuk dukungan secara langsung misalnya menghadiri kampanye paslon dan kegiatan yang bersinggungan dengan partai politik paslon.

BKN sebelumnya sudah mengingatkan ASN untuk tidak memberikan dukungan kepada paslon, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah 53 tahun 2010 Pasal 4.

Jika melanggar, ada sanksi yang harus dihadapi. Tingkat sanksi yang dikenakan mulai dari pemberian hukuman disiplin (HD) sedang sampai HD berat.

Secara terperinci dalam Pasal 7 angka (3) dan (4) disebutkan bahwa penjatuhan HD sedang dilakukan melalui penundaan kenaikan pangkat (KP) selama satu tahun, penundaan kenaikan gaji berkala, dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun.

Sementara untuk HD berat dilakukan melalui pembebasan jabatan, penurunan pangkat selama tiga tahun, sampai dengan pemberhentian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masalah Ekonomi, Pemicu Terberat Caleg Pemilu 2019 Rentan Stres

Posted: 17 Apr 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Takut tidak bisa balik modal menjadi faktor pemicu stres terbesar yang mengintai para calon legislatif (caleg) di Pemilu 2019. Bahkan, bukan tidak mungkin hal itu mengarah ke gangguan jiwa berat.

Akademisi dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam mengatakan bahwa untuk menjadi caleg di Pemilu 2019 saja, masyarakat melalui proses yang panjang.

Dia mengungkapkan ada caleg yang harus keluar dari pekerjaannya karena melihat kesempatannya untuk menjadi anggota legislatif besar. Selain itu, beberapa hanya mencoba peruntungan untuk bisa meraih kursi di parlemen.

"Perjalanan panjang sudah dilalui dan penentuan tinggal, besok apakah mereka berhasil atau gagal," tulis Ari dalam sebuah rilis yang diterima oleh Health Liputan6.com pada Kamis (18/4/2019).

Masalah keuangan menjadi yang paling utama dalam kasus ini. Tidak hanya bagi para caleg, namun para politisi, penyandang dana, hingga keluarga menunggu dengan cemas apakah caleg yang diusungnya bisa lolos ke parlemen.

"Dana yang besar dan terus dikeluarkan selama masa kampanye merupakan salah satu faktor stres tersendiri," kata Ari. Apalagi, jika uang yang didapatkan berasal dari pinjaman baik lewat pegadaian, bank, atau rentenir.

 

Rumah Tangga Juga Bisa Berantakan

Ilustrasi Orang Marah (iStockphoto)​

Berbagai aset seperti rumah, tanah, atau yang lainnya dalam pinjaman juga terancam tersita jika mereka tidak bisa mengembalikan dana tersebut,

"Kondisi ini jelas berpotensi untuk menimbulkan kekecewan dan stres yang cukup berat, apalagi juga rumah tangga berantakan akibat kondisi ini," kata Ari menambahkan.

Beberapa waktu yang lalu, dilaporkan oleh Patroli Indosiar bahwa seorang caleg ditangkap polisi karena keterlibatannya dalam kasus pencurian dan perampokan nasabah bank. Uang tersebut digunakannya untuk dana kampanye dalam beberapa bulan terakhir.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Nekat Lakukan Aksi Tidak Rasional

Ilustrasi stres (iStockphoto)

Dikutip dari News Liputan6.com, SP dan empat rekannya yang merupakan caleg dapil di luar Pulau Jawa itu sudah beraksi di wilayah Bogor dan sekitarnya.

"Modus operandi pelaku dengan cara memasuki tempat objek vital yaitu bank. Korban mengambil uang dan dibuntuti sampai di tempat sepi. Dari hasil pemeriksaan, oknum ini adalah caleg yang berlaku sebagai ketua aksi perampokan," ujar Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Beny Cahyadi.

Tugas para pelaku bermacam-ada. Ada yang mempersiapkan sandal jepit yang telah dibubuhi paku atau besi gagang payung rusak, ada pula yang berpura-pura mengingatkan korban akan ban yang kempis, hingga eksekutor pencurian ataupun perampokan jika korbannya melawan.

Kejadian semacam ini menunjukkan bahwa untuk kampanye tetap butuh uang yang besar.

"Kita bisa melihat berbagai caleg melakukan berbagai hal dari yang tidak rasional sampai rasional yang bisa diterima akal untuk mendapatkan 1 kursi legislatif baik DPRD kabupaten/kota, DPRD propinsi  dan DPR pusat serta Dewan Pimpinan Daerah (DPD)," kata Ari.

Maka dari itu, Ari meminta warga untuk terus belajar dari pengalaman di mana terjadi terjadi peningkatan orang dengan gangguan jiwa akibat Pemilu di 2009 dan 2014.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Api Lahap Kios di Pasar Lawang Malang

Posted: 17 Apr 2019 10:02 PM PDT

Patroli Indosiar, Malang - Pasar tradisional di Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, terbakar, Rabu malam, 17 April kemarin. Api diduga muncul akibat adanya korsleting arus listrik.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Kamis (18/4/2019), bangunan toko beserta isinya ludes di lalap si jago merah. Sebagian pemilik toko berusaha mengamankan barang dagangan agar tidak ikut terbakar.

Kebakaran terjadi ketika aktivitas pasar dalam kondisi tutup. Dugaan sementara kebakaran diakibatkan korsleting arus listrik yang berada di lantai dua pasar.

"Sumber api ada di lantai dua di bagian perancangan. Kemudian setelah itu kami upayakan mengatur masyarakat karena mereka berusaha menyelamatkan barang di tempat kejadian," ujar Kapolsek Lawang Kab Malang Kompol Gaguk Sulistiyo Budi.  

Sekitar empat jam sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api. Polisi masih melakukan penyelidikan penyebab pasti kebakaran.  

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian di taksir mencapai milaran rupiah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Hilangnya Kotak Suara Pilpres di Cirebon

Posted: 17 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Cirebon - Proses pencoblosan di TPS 07 Kampung Pesantren, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, pada Pemilu 2019 baru selesai pukul 15.00 WIB.

Mulurnya waktu pencoblosan tersebut lantaran terindikasi kotak suara untuk Pilpres hilang. Diduga kotak beserta surat suara yang masih dikemas dalam kotak suara itu hilang saat proses distribusi dari PPK ke TPS pada Selasa, 16 April 2019 malam.

Hingga kini belum diketahui keberadaan hilangnya kotak suara berikut surat suara dan kuncinya itu. Pantauan di lokasi, panitia tetap melaksanakan pencoblosan sembari mencari sisa surat suara Pilpres dari TPS lain di sekitar TPS 07.

Ketua PPS Kalijaga, Subandi, mengakui menerima logistik Pemilu 2019 saat beberapa waktu terakhir pendistribusian. Dia menjelaskan, pengiriman logistik suara itu dilakukan secara bertahap.

"Tadi malam kira-kira pukul 18.30 WIB itu di TPS 07 empat kotak sudah diterima, tapi kok kotak suara Pilpres belum," kata Subandi, Rabu (17/4/2019).

Ia mengatakan, kotak suara Pilpres baru diterimanya kira-kira pukul 19.30 WIB. Kotak suara itu dikirim KPU Kota Cirebon melalui PPK Harjamukti kemudian ke PPS Kalijaga.

Saat itu, mobil pengiriman logistik PPK Harjamukti langsung dipindahkan ke mobil yang disiapkan PPS Kalijaga. Mobil tersebut langsung mendistribusikan logistik pemilu ke 91 TPS di Kelurahan Kalijaga.

"Waktu sudah mepet, jadi kami langsung distribusi ke 91 TPS," ujar Subandi.

Ia mengatakan, pendistribusian logistik ke 91 TPS itu rampung kira-kira pukul 21.30 WIB. Beberapa waktu kemudian, pada pukul 23.30 WIB Subandi mengaku mendapat laporan dari KPPS bahwa kotak dan surat suara Pilpres untuk TPS 7 tidak ada.

"Itu saya tidak tahu nyangkut di mana, saya juga bingung. Bahkan saat pendistribusian juga saya tidak memegang kunci gembok kotak suara Pilpres, berarti kan memang sudah tidak ada," kata Subandi.

Subandi langsung menindaklanjuti temuan tersebut ke KPU. Waktu pencoblosan pun mulur dari yang dijadwalkan. Pencoblosan dimulai pukul 09.30 WIB dari jadwal sebelumnya pukul 07.00 WIB.

"Bawaslu juga langsung memantau dan warga mendapat kebijakan bagi yang formulir C6 masuk sebelum jam 13.00 WIB dipastikan bisa mencoblos semua termasuk Pilpres. Sembari itu kami cari sisa surat suara yang tak terpakai dari TPS lain," kata dia.

Hak Pilih

Penyelenggara pemilu di TPS 07 tetap melakukan pencoblosan sembari panitia yang lain mencari sisa surat suara dari TPS yang ada di sekitarnya. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Ketua Bawaslu Kota Cirebon Moh Joharudin mengaku akan menyelidiki penyebab hilangnya kotak suara Pilpres. Namun, dia mengatakan, kejadian serupa juga hampir dialami beberapa TPS lain.

"Laporan yang kami terima laporan hilangnya kotak suara hari Selasa pukul 23.30 WIB malam dan kami langsung melakukan penelusuran," kata dia.

Johar mengungkapkan, selain TPS 07, ada beberapa TPS lain yang mengalami kejadian serupa. Yakni TPS 38 Kelurahan Kecapi untuk Kotak Suara Pilpres dan TPS 34 Malabar Kelurahan Kecapi.

Namun demikian, persoalan di TPS 38 dan TPS 34 sudah bisa diselesaikan. Bawaslu menemukan kotak suara di TPS 38 terbawa ke TPS lain.

"Kalau di TPS 34 itu dari TPS lain yang ditemukan surat suara ganda untuk DPR RI dan kami pastikan itu punya TPS 34," kata dia.

Johar mengaku tidak bisa berbicara banyak terkait hilangnya kotak suara Pilpres di TPS 07. Dia bersama penyelenggara yang lain fokus pada upaya pemenuhan surat suara ke TPS 07.

Dia mengatakan, Bawaslu bersama jajaran yang lain merekomendasikan kepada pelaksana untuk tetap menyelenggarakan pemilihan. Tercatat, jumlah DPT di TPS 07 sebanyak 254 jiwa.

"Tetap menerima formulir C6 atau DPK sambil menunggu surat suara lebihan dari TPS lain. Walaupun secara aturan jam 13.00 harus sudah ditutup, tapi ketika sudah ada pemilih yang mendaftar di sebelum pukul 13.00 sudah bisa mendapatkan hak suaranya," kata dia.

Johar mengatakan, rekomendasi tersebut sudah sesuai undang-undang yang berlaku. Dia memastikan rekomendasi tersebut untuk menyelamatkan hak pilih warga pada Pemilu 2019 ini.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tempat Ternikmat Untuk Berpikir Versi Netizen Ini Kocak Banget

Posted: 17 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah tidak diragukan lagi, kalau manusia merupakan makhluk yang sering mendapatkan masalah. Terkadang masalah pada manusia tidak selesai-selesai dan malah berbelit-belit. Berbelitnya masalah manusia membuat otak makin terbebani untuk berpikir.

Sering kali saat berpikir menyelesaikan masalah, manusia perlu suatu tempat yang tenang agar pikirannya juga tenang. Namun apa jadinya kalau tempat berpikir manusia sangatlah nyeleneh seperti versi netizen negara +62.

Di awali dari cuitan @aulmaulidiana yang menuliskan cuitan tentang tempat ternyaman untuk berpikir. Akun tersebut menulis "Kalo aku Tempat ternikmat buat mikir itu di wc. Kalo kalian dimana?"

Cuitan tersebut lalu banyak yang menanggapi dan memberi rekomendasi tempat ternyaman untuk berpikir. Terlansir Liputan6.com, Kamis (18/4/2019) telah terangkum 5 tempat ternikmat untuk berpikir ala netizen sebagai berikut.

1. Lubang WC

tempat ternikmat (sumber: twitter.com/salliananda)

Tempat terbaik pertama untuk berpikir ini sangatlah konyol apabila dibaca. Bagaimana tidak konyol, netizen di atas merekomendasikan tempat berpikir paling tenang menurutnya yakni di dalam WC. Alasannya pun sangat menggelitik yakni agar lebih khusyuk.

2. Di Kelas

tempat ternikmat (sumber: twitter.com/dindatemenkamu)

Tempat ternikmat sela njutnya ialah di kelas. Alasan netizen ini pun cukup masuk akal. Ketika tidak mengerti apa yang di jelaskan oleh guru, sehingga berpikir hal lain selain pelajaran tidak akan membuat dirinya capek.

3. Dalam Freezer

tempat ternikmat (sumber: twitter.com/salliananda)

Jawaban kocak yang bikin ketawa lagi muncul dari cuitan netizen di atas yang bilang bahwa tempat ternyaman untuk berpikir adalah di dalam freezer. Seperti diketahui freezer sangat dingin, sehingga netizen menganggap cara terbaik mendinginkan kepala ialah dengan berada di freezer.

4. Di Dapur

tempat ternikmat (sumber: twitter.com/depupepa)

Ada berbagai macam jenis netizen, dan salah satu netizen yang unik dan menurut dia tempat ternyaman berpikir ialah dapur. Dengan mencium aroma mie instan cukup membuat dirinya tenang. Sungguh unik sekali netizen di atas.

5. Di Kandang Buaya

tempat ternikmat (sumber: twitter.com/yogawardana_)

Netizen ini secara sadar menganggap dirinya buaya darat. Sehingga netizen di atas menuliskan cuitan lucu bahwa tempat terbaik berpikir ialah kandang buaya. Alasannya juga menggelitik karena dengan di kandang buaya, dirinya bisa sekalian diberi masukan oleh buaya. Dasar buaya darat.

Itulah 5 tempat ternyaman untuk berpikir. Kalau menurut kamu nomer berapakah yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berpikir?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 2000 Lebih TPS Tak Bisa Gelar Pemungutan Suara, Kenapa?

Posted: 17 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU menggelar konferensi pers terkait penyelenggaraan Pemilu 2019. 2.000 lebih TPS dilaporkan tidak bisa menggelar pemungutan suara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atta Halilintar Tembus 14 Juta Pengikut, Rekan Selebriti Ucapkan Selamat

Posted: 17 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak pertama kali membuat konten Youtube, penampilan serta gaya Atta Halilintar terus berubah. Seiring dengan hal itu, jumlah subscribers alias pengikutnya pun semakin bertambah.

Tak terasa sampai tahun ini, Atta Halilintar telah memiliki jutaan subscribers. Youtuber yang sering memakai kacamata hitam dan bandana ini pun baru saja memecahkan rekor.

Sampai Rabu (17/4/2019) kemarin, Atta Halilintar telah menjaring 14 juta pengikut di YouTube. Tentu saja ini membuatnya semakin dekat dengan gelar Youtuber nomor satu di Asia. Ia merayakannya dengan mengunggah foto diri sambil memamerkan layar laptop yang bertuliskan "14.000.001".

"Pecah Sejarah Youtuber ASIA "Jika kamu mau Jadi 1% jangan Lakukan seperti 99% orang lakukan" Dari dulu selalu yakin Tidur kurang ku ini Akan Terbayar! Work Hard Pray Hard #OtwYoutuberNo1Asia GOD BLESS INDONESIA!" tulis Atta Halilintar, Rabu, sebagai keterangan foto sekaligus pengumuman tersebut di Instagram resminya.

Mendapat Apresiasi

Atta Halilintar. (Instagram @attahalilintar)

Menariknya, keberhasilan Atta Halilintar ini mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dalam komentar foto mengatakan, "Keren @attahalilintar."

Beberapa selebriti papan atas pun menyampaikan ucapan selamat kepada Atta Halilintar. Sebut saja Verrell Bramasta yang menyampaikan, "Proud of you bruhh."

Selain Verrell, terlihat juga nama-nama selebriti papan atas yang mengucapkan selamat kepada Atta pada komentar foto. Mereka adalah Denny Cagur, Ussy Sulistiawaty, dan Rossa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Microsoft Siap Rilis Pesaing AirPods

Posted: 17 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Amazon yang dilaporkan siap merilis pesaing AirPods besutan Apple, kali ini giliran Microsoft yang disebut akan melakukan hal serupa. Informasi ini pertama kali diketahui dari Thurrot.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (18/4/2019), earphone nirkabel ini akan diberi nama Surface Buds. 

Sama seperti earphone lain yang terintegrasi dengan asisten virtual, Surface Buds akan dibekali dengan Cortana.

Dari informasi yang diungkap sumber anonim, proyek earphone ini mengusung kode nama Morrison, yang kemungkinan diambil dari nama vokalis The Doors, Jim Morrison. 

Sekadar informasi, ini bukan merupakan kali pertama Microsoft merilis produk untuk menyaingi Apple. Sebelumnya, Microsoft pernah merilis Zune yang disebut-sebut sebagai kompetitor iPod.

Selain dukungan Cortana, Microsoft juga menyertakan kemampuan noise cancellation di earphone ini.

Sebagai tambahan, perusahaan turut menyematkan teknologi yang membantu pengguna membaca konten dari smartphone.

Kendati belum ada informasi resmi, besar kemungkinan earphone ini akan kompatibel dengan iOS dan Android.

Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Microsoft

Amazon Siapkan Earphone Penantang Apple AirPods

Amazon

Perlu diketahui, Amazon juga dilaporkan sedang menyiapkan produk earphone nirkabel yang terintegrasi dengan asisten virtual Alexa.

Menurut laporan Bloomberg, earphone ini disebut-sebut akan menjadi pesaing AirPods besutan Apple.

Dikutip dari The Verge, model earphone yang dirilis Amazon ini sebenarnya tidak banyak berbeda dari produk serupa lainnya. Namun, Amazon menyebut akan lebih fokus ke kualitas audio sebagai faktor pembeda dari kompetitor.

Nantinya, pengguna dapat mengakses Alexa melalui perintah suara langsung dari earphone. Jadi, mereka dapat memintanya memutar musik, memesan produk di Amazon, hingga membuat catatan.

Sama seperti speaker Amazon Echo, pengguna cukup memanggil 'Alexa' untuk mengaktifkan fitur perintah suara. Sayang, earphone ini tidak mendukung jaringan LTE, sehingga perlu terhubung dengan smartphone agar dapat mengakses Alexa.

Laporan juga menyebut, earphone ini memiliki fungsi dan fitur yang sama dengan perangkat lain kebanyakan. Salah satunya adalah penggunaan casing untuk pengisian daya. 

Sementara dari fitur, earphone ini menggunakan navigasi berbasis gestur untuk mengatur musik atau menjawab telepon. Namun, belum dapat dipastikan kapan Amazon akan merilis earphone ini berikut harganya.

Kendati demikian, prediksi menyebut ada kemungkinan earphone ini dibanderol dengan harga lebih terjangkau dengan kualitas bagus karena menjadi ditujukan langsung sebagai kompetitor AirPods.

Amazon Akuisisi Startup Home Router

Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon. (Foto: Forbes.com)

Sebelumnya, Amazon juga dilaporkan telah menambah portofolio produknya. Kali ini perusahaan mengakuisisi sebuah startup home router bernama Eero.

Dilansir Reuters, Amazon mengumumkan telah mendatangani kesepakatan pembelian Eero. Akuisisi ini diharapkan dapat membantu konsumen terhubung dengan lebih baik ke perangkat smart home.

Sayangnya, nilai akuisisi tidak diumumkan. Eero melalui akun Twitter resminya, @geteero, telah mengumumkan akuisisi tersebut.

"Dengan bergabung bersama keluarga Amazon, kami senang bisa belajar dari dan bekerja sama dengan tim yang mendefinisikan masa depan rumah, mempercepat misi kami, dan membawa sistem Eero kepada pelanggan di seluruh dunia," tulis Eero.

Eero merupakan startup yang memproduksi home router. Perusahaan ini didirikan pada 2014 dan memiliki kantor pusat di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituding Prabowo Morat-marit, Garuda Indonesia Raup Untung Rp 276 Miliar

Posted: 17 Apr 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pencapaian kinerja Garuda Indonesia Group di awal tahun ini membantah pernyataan Prabowo Subianto di panggung debat presiden pada Sabtu, 13 April 2019. Sebelumnya, Prabowo menyebut Garuda Indonesia sulit untung dan kinerjanya morat marit.

Dalam laporan keuangan pada kuartal I– 2019, Garuda Indonesia Group membukukan laba bersih (net income) sebesar USD 19,7 juta atau setara Rp 276 miliar (USD 1 = Rp 14.038). Nominal itu tumbuh signifikan dari rugi USD 64,3 juta di kuartal I – 2018 .

Pertumbuhan laba tersebut sejalan dengan peningkatan pendapatan usaha perseroan yang tumbuh sebesar 11,9 persen menjadi USD 1,09 miliar (Rp 15,3 triliun).

"Catatan kinerja positif yang berhasil dicapai Garuda Indonesia Group di Kuartal I-2019 ini tidak terlepas dari komitmen bersama seluruh lini usaha Garuda Indonesia Group dalam menciptakan sinergi dan terus melakukan perbaikan business process namun tetap mengutamakan safety," kata Direktur Keuangan Garuda Indonesia Fuad Rizal, Kamis (18/4/2019).

Kinerja positif Garuda turut ditunjang oleh lini pendapatan layanan penerbangan berjadwal sebesar USD 924,9 juta (Rp 12,9 triliun), tumbuh sebesar 11,6 persen dibandingkan periode yang sama di kuartal I 2018. Selain itu, perseroan juga mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kinerja ancillary revenue dan pendapatan anak usaha lainnya sebesar 27,5 persen dengan pendapatan USD 171,8 juta (Rp 2,4 triliun).

Fuad menambahkan, selain itu peningkatan kinerja perseroan turut didukung oleh program efisiensi dan efectiveness  berkelanjutan, optimalisasi aspek cost structure, capacity adjustment pada produksi sesuai demand sehingga konsumsi fuel menjadi lebih terukur dan beban fuel expense juga dapat ditekan.

Lebih lanjut, Garuda Indonesia Group juga melakukan upaya renegosiasi biaya leasing armada secara berkelanjutan yang berhasil menekan biaya leasing pesawat hingga 30 persen atau equivalen dengan nilai USD 60 juta.

"Ditengah tren kinerja industri penerbangan di kuartal I yang cenderung tertekan mengingat fase kuartal I merupakan fase low season angkutan transportasi udara, Garuda Indonesia Group berhasil mempertahankan kinerja secara positif menyusul capaian kinerja yang solid di tahun kinerja 2018, khususnya pada kuartal IV 2018," tambahnya.

Penumpang Juga Naik

Ilustrasi (Istimewa)

Sementara dari aspek operasional, Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Bambang Adi Surya Angkasa mengungkapkan, selama kuartal I 2019, Garuda Indonesia Group berhasil mencatatkan jumlah angkutan penumpang sebesar 7,7 juta penumpang terdiri dari 4,6 juta penumpang Garuda Indonesia sebagai main brand dan 3,1 juta penumpang Citlink Indonesia.

Seat Load Factor (SLF) angkutan penumpang Garuda Indonesia sebagai main brand domestik juga tumbuh sebesar 3,5 persen menjadi 73,3 persen dari periode yang sama di tahun 2018 sebesar 69,7. Adapun SLF Citilink Indonesia juga tumbuh sebesar 1,3 persen manjadi 77,4 persen dari periode yang sama di tahun 2018 sebesar 76,1 persen.

"Berdasarkan hasil survey terhadap penumpang yang kami laksanakan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, mayoritas penumpang memahami penerapan harga yang dilakukan Garuda mengingat biaya operasi dan maintenance yang meningkat. Bagi mereka safety dan layanan menjadi concern utama serta tiket fleksibilitas untuk berganti jadwal," ujarnya.

Garuda Indonesia juga berhasil mencatatkan kinerja on time performance yang semakin solid. Berdasarkan data lembaga pemeringkatan OTP independen, OAG Flightview, Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian OTP tertinggi selama periode Desember 2018 – Februari 2019 dengan catatan OTP di atas 95 persen.

Tidak Morat-marit

Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pencapaian Garuda di awal tahun ini membantah pernyataan Prabowo Subianto di panggung debat presiden. Sebelumnya, Prabowo menyebut keadaan BUMN sedang morat-marit. 

"Air space aset ekonomi kita, kenapa selalu dinikmati orang lain. Flight carrier yang kita lahirkan kenapa jadi morat marit seperti sekarang," tutur Prabowo saat debat Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019.

Prabowo pun sempat mengatakan BUMN di Indonesia sedang krisis.  

Prabowo mengutip studi penerbangan terkait keseimbangan titik biaya atau pengeluaran dan pendapatan alias break event point (BEP). Hal itu salah satunya menghitung berapa kursi yang harus diduduki penumpang dalam pesawat sehingga perusahaan itu untung

"Jepang 60 persen BEP. Garuda harus 120 persen, berarti tidak bisa untung-untung kalau begini terus pengelolaannya. Bikin holding terus tapi yang sekarang tidak dikelola dengan baik," jelas dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tepati Janji, Nicholas Saputra Hapus Foto Selfie Nyoblos

Posted: 17 Apr 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nicholas Saputra menepati janjinya menghapus foto selfie usai nyoblos setelah 24 jam berlalu. Kalau kamu membuka akun Instagramnya, @nicholassaputra, kamu tak akan menemukan lagi foto tersebut.

"Baiklah... Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019. Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi! PS: postingan ini akan dihapus dalam waktu 24 jam."

Demikian caption yang sempat ia unggah di foto tersebut. Saat Nicholas Saputra mengunggah foto itu, warganet heboh karena pemeran Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta? itu sebelumnya tak pernah mengunggah foto selfie di Instagramnya.

 

 

Doc: Instagram.com/nicholassaputra

Menariknya, meski telah menghapus foto selfie dari feed Instagram-nya, pria itu ternyata memutuskan menjadikan foto itu sebagai avatar Instagramnya.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Selebritas ikut heboh

Premier film Kulari Ke Pantai (Adrian Putra/bintang.com)

Tak hanya masyarakat umum, selebritas sempat turut memberikan komentar mereka di kolom foto tersebut.

"Jangan dihapus dong kak plsssssss #alayers," tulis @melly_goeslaw.

"Curaaaaaannngggg kenapa 24 jam doang si tooooong...!!!!!" tambah @therealdisastr.

"@nicholassaputra ngopo kok dihapus," timpal @showimah.

Selama 22 jam sebelum foto itu dihapus saja, lebih dari 48 ribu komentar meminta Nicholas tidak menghapus foto tersebut.

Bagaimana menurutmu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Harden Triple Double, Rockets Hajar Jazz Lagi

Posted: 17 Apr 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta James Harden kembali memberi bukti layak jadi kandidat terkuat MVP NBA musim ini. Harden memimpin Houston Rockest menghajar Utah Jazz 118-98 pada gim kedua play off NBA Wilayah Barat, Kamis (18/4/2019) pagi WIB.

Pada laga di Toyota Center itu Harden berhasil membuat triple double dengan 32 poin, 13 rebound dan 10 assists. Rockets kini unggul 2-0 atas Jazz. Gim kedua akan digelar di kandang Jazz pada Minggu pagi WIB. 

Tanda-tanda Rockets bakal menang mudah sudah terlihat sejak kuarter pertama. Pasukan Mike D'Antoni langsung tancap gas dan berhasil unggul 20 poin di akhir kuarter satu, 39-19.

Margin keunggulan Rockets terus bertambah di kuarter dua. Dimotori Harden, Rockets unggul 26 poin saat jeda babak pertama.

Di kuarter tiga, Jazz tak juga bisa memangkas jarak. Karena sudah unggul jauh, Rockets menyimpan pemain inti sejak pertengahan kuarter empat. Jazz mampu memangkas jarak, namun tetap harus mengakui keunggulan Rockets dengan margin 20 angka di gim kedua play off NBA.

 

Mitchell Redup

PJ Tucker dan Eric Gordon sama-sama menyumbang 16 poin untuk Rockets. Sedangkan di kubu Jazz, Ricky Rubio membuat 17 poin dan sembilan assists.

Bintang Jazz Donovan Mitchell hanya bisa membuat 11 poin. Akurasi tembakannya sangat buruk. Hanya memasukkan lima dari 19 percobaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pilpres 2019, Investor Asing Borong Saham Capai Rp 1,16 Triliun

Posted: 17 Apr 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi beli investor asing cukup deras di pasar saham usai pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Berdasarkan data RTI, Kamis (18/4/2019), pada sesi pertama pukul 11.34 waktu JATS, aliran dana investor asing mencapai Rp 1,16 triliun di pasar regular. Total transaksi harian saham mencapai Rp 7,1 triliun pada perdagangan Kamis pekan ini.

Masuknya aliran dana investor asing ini turut memperkuat laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Jelang penutupan sesi pertama, IHSG naik 50,62 poin atau 0,78 persen ke posisi 6.532,16. Indeks saham LQ45 mendaki 0,99 persen ke posisi 1.034,04. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Sebanyak 209 saham menghijau sehingga mengangkat IHSG. 162 saham melemah dan 133 saham diam di tempat. Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.636,33 dan terendah 6.520,23.

Dalam laporan PT Ashmore Asset Management Indonesia disebutkan kalau usai Pemilu 2019 diharapkan aliran dana asing masuk. Potensi dana asing yang masuk mencapai USD 1 miliar-USD 1,5 miliar.

Berdasarkan laporan Ashmore, aliran dana investor asing masuk pada tahun pemilu mencapa USD 2,1 miliar. Secara year to date, aliran dana investor asing yang masuk mencapai USD 1 miliar pada 2019.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Turut Perkuat Rupiah

Teller tengah menghitung mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Aliran dana investor asing masuk ke pasar saham Indonesia turut memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Dolar AS sempat melempem ke posisi Rp 14.005 pada awal perdagangan. Kini dolar AS bergerak di kisaran Rp 14.040.

Ekonom PT Bank Central Asia Tbk, David Sumual menuturkan, Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman mendukung pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Namun, ia menilai penguatan dolar AS ini belum terlalu signifikan.

Hal ini mengingat hasil penghitungan sementara Pemilu 2019 oleh sejumlah survei sesuai perkiraan pasar. Pasangan calon presiden (capres) Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden (cawapres) Ma'ruf Amin unggul berdasarkan hasil hitung cepat Pilpres 2019 oleh sejumlah lembaga survei.

"Ini seperti perkiraan, tidak ada perubahan signifikan. Yang penting Pemilu lancar dan aliran modal masuk. Tidak ada euforia," ujar David saat dihubungi Liputan6.com.

Selain itu, dari eksternal, David menilai, kalau adanya harapan Amerika Serikat dan China akan temui kesepakatan menjadi katalis positif. Ditambah pertumbuhan ekonomi China pada kuartal I 2019 sebesar 6,4 persen yang di atas perkiraan juga mendukung pergerakan rupiah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Apa dengan Sandiaga Uno?

Posted: 17 Apr 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019 membuat rasa penasaran beratus juta pasang mata rakyat Indonesia. Khususnya, mata dua kandidat calon presiden dan wakil presiden yang tengah berkontestasi, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tepat pukul 15.00 WIB, sesuai Undang-Undang Pemilu No 7 Tahun 2017, hasil hitung cepat semua lembaga survei baru bisa dipublikasikan. Hasilnya, Jokowi unggul sementara dari Prabowo dengan selisih sekitar 8 persen.

Rombongan kedua kubu pun langsung merapat ke masing-masing posko pemenangan. Bagi Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Gedung Djakarta Theater dipilih untuk memantau hasil hitung cepat lembaga survei. Sedangkan untuk Badan Pemenangan (BPN) 02, Rumah Kertanegara masih menjadi andalan.

Sekitar pukul pukul 17.00 WIB, kedua kandidat ini melangsungkan jumpa pers kepada awak media. Seluruh jajaran elite partai politik koalisi TKN 01 hadir. Mereka berdiri, berderet bersama di satu panggung. 

Tak banyak yang disampaikan Jokowi. Mantan Gubernur DKI ini hanya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan meminta pendukung tak bereuforia, seraya menunggu hasil resmi pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pertama, saya ucapkan terima kasih kepada semua. Kedua dari indikasi exit poll dan juga quick count tadi sudah kita lihat semuanya. Tetapi kita harus bersabar menunggu penghitungan KPU secara resmi," kata Jokowi didampingi Ma'ruf Amin.

Namun, pemandangan berbeda tampak saat jajaran BPN 02 naik podium. Tidak selengkap barisan koalisi 01, hanya tampak segelintir elite partai pengusung atau yang mewakilkan yang berdiri berjejer bersama. Bahkan, sang calon wakil presiden Sandiaga Uno pun absen.

Capres Prabowo berpidato sendiri, menyampaikan klaim kemenangan versi exit poll dan menolak percaya hasil hitung cepat para lembaga survei.

"Hasil exit poll kita di 5 ribu TPS menunjukkan kita menang di 55.4 persen. Mohon semua relawan mengawal di semua TPS. Saya tegaskan bahwa ada upaya dari lembaga survei tertentu yang kita ketahui memang sudah bekerja untuk satu pihak mengiring opini seolah-olah kita kalah," tegas Prabowo di Kertanegara, Jakarta, Rabu 17 April 2019.

Tanda tanya pun menyeruak, di mana Sandiaga Uno?

Di mana Sandiaga Uno?

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto pidato di rumah Kertanegara mengenai hasil quick count Pemilu 2019. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Usai jumpa pers, Juru Bicara BPN 02 Dahnil Anzar mengatakan, Sandi tengah bersiap memaparkan data dari klaim kemenangan pasangannya yang telah diproklamirkan. Dia meminta waktu tunggu setengah jam saja sebelum data tersebut dirilis.

"Sabar, Bang Sandi lagi siapkan data-datanya," kata Dahnil singkat.

Namun, sampai Prabowo kembali naik ke atas podium untuk kali kedua dan mengklaim kemenangan hasil real count internal 62 persen, mantan Wakil Gubernur DKI itu tetap absen.

Awak media yang mengonfirmasi pun tak mendapat jawaban pasti. Hampir seluruh jajaran BPN 02 mengatakan, Sandiaga mendadak sakit, diserang cegukan tak kunjung henti, sehingga tak bisa menyampaikan hal yang dijanjikan.

"Iya sakit, cegukan enggak berhenti," kata Yuga Aden, orang yang selalu bersama Sandiaga sedari masa kontestasi Pilkada DKI.

Spekulasi menyeruak. Sandiaga digadang-gadang tak ingin masuk dalam permainan delusi atas klaim kemenangan Prabowo. Ya, momen klaim kemenangan Prabowo hingga sujud sukur memang bukan hal baru. Rekaman 2014 masih hangat kala sang mantan Danjen Kopassus itu juga mengumumkan hal senada. Bedanya, kala itu sang cawapres Hatta Rajasa ikut berdiri bersama di podium.

 

Apa Benar Sakit?

Calon presiden no urut 02 Prabowo Subianto bersama Badan Pemenangan Nasional (BPN) memberikan pidato politiknya di Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4). Pada pidatonya Prabowo tegas dan yakin sudah menjadi pemimpin bangsa Indonesia berdasarkan hasil real count BPN. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sandiaga dikenal sebagai seorang yang selalu bugar. Bahkan, dirinya sangat percaya diri dengan pola hidup sehat dijalankan. Aktivitas lari pagi dan olahraga rutin tak pernah absen. Puasa sunah, yang disebut membuat dirinya lebih sehat, juga terus dijalankan.

Kegiatan 17 April 2019 bagi Sandiaga Uno dimulai sangat pagi. Tahajud bersama, menjalankan puasa, hingga salat Subuh berjemaah. Usai giat pagi tersebut, Sandi pun tepat waktu hadir sepagi mungkin di tempat pemungutan suara atau TPS, sekira pukul 08.00 pagi.

Sebelum memulai giat internalnya, Sandiaga masih sempat menyambangi media centre, tempat awak media berkumpul. Bukan untuk hal-hal yang berat, melainkan sekadar ingin bersantai memainkan musik akustik bersama tim suksesnya.

Beberapa tembang pop dinyanyikan, hingga sesi obrolan santai mengupas Sandi di mata wartawan. Tak sama sekali terlihat raut lelah dari wajahnya. Tawa kecil pun menghangatkan situasi momen tersebut.

"Bapak kenapa kok bisa bugar terus sih? Enggak kurang tidurnya? Padahal kampanye padat, tapi kok enggak pernah absen? Ngegas terus?"

Sandi menjawab, semua ada di kualitas tidur. Meski hanya dua tiga jam asalkan berkualitas akan bisa tetap sempurna pemulihannya.

Usai giat tersebut, Sandiaga pun izin pamit. Dirinya mengaku ingin menilik posko relawan penghitungan suara di Hotel Ambhara, Melawai, Jakarta Selatan. Hal itu dilakukan sebelum akhirnya Sandiaga kembali pulang ke Rumah Kertanegara, jelang pukul tiga sore.

 

Momen Terakhir Sandiaga

Calon presiden no urut 02 Prabowo Subianto bersama Badan Pemenangan Nasional (BPN) memberikan pidato politiknya di Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4). Prabowo Subianto mendeklarasikan kemenangannya dari hasil real count BPN di Pilpres 2019 pada angka 62%. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sejak diketahui telah sampai di Rumah Kertanegara, akses menuju Sandiaga tertutup rapat. Hingga semua pidato klaim kemenangan dilalui, bahkan hingga semua jajaran elite BPN 02 pamit, juga Prabowo yang kembali ke Hambalang sekira pukul 10 malam, Sandi diketahui masih ada di dalam rumah pemenangan.

Mobil Nisan hitam beserta rombongan patwal juga staf pribadinya, masih mengonfirmasi Sandiaga belum beranjak ke mana pun. Berselang satu jam, sekira pukul 11.00 malam, akhirnya sosok ditunggu pun tiba.

Lewat sela-sela pagar, awak media mengintip Sandi yang masuk ke dalam mobil tepat di teras rumah mewah nan megah tersebut. Sayang, saat mobilnya ke luar rumah, hanya terbersit senyum di balik kaca yang hanya dibuka sedikit.

Relawan, simpatisan, hingga awak media yang memburu pernyataan Sandiaga terus menempel. Tak satu kata pun keluar, Sandi hanya menunjuk bagian leher saja yang mungkin mengisyaratkan bahwa dirinya memang benar tengah sakit, hingga tak bisa bersuara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Rumput Laut yang Kaya Nutrisi, Cocok Untuk Penderita Diabetes

Posted: 17 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumput laut merupakan sayuran laut yang tumbuh di laut atau di dekat perairan air asin. Rumput laut adalah sumber makanan untuk kehidupan laut. Tumbuhan ini hadir dalam beragam warna dari merah, hijau, coklat atau hitam. Manfaat rumput laut rupanya tak hanya dinikmati oleh kehidupan di laut, melainkan juga dapat dirasakan oleh manusia.

Rumput laut tumbuh di sepanjang garis pantai berbatu di seluruh dunia, tetapi paling sering dimakan di negara-negara Asia seperti Jepang, Korea dan Cina. Jenis rumput laut dapat meliputi nori, kelp, wakame, kombu, dulse atau ganggang biru-hijau, seperti spirulina dan chlorella.

Ada beberapa jenis, dan umumnya mengandung banyak mineral menyehatkan. Variasi yang dilimiki rumput laut dapat memudahkan Anda untuk memasukkan rumput laut ke dalam resep yang berbeda. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan fungsi tiroid, kesehatan pencernaan, dan penurunan berat badan.

Berikut manfaat rumput laut bagi kesehatan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis(18/4/2019):

Kaya nutrisi

Ilustrasi Rumput Laut (sumber: iStockphoto)

Manfaat rumput laut yang utama adalah sebagai bahan makanan tinggi nutrisi. Setiap jenis rumput laut mungkin mengandung nutrisi dan mineral yang sedikit berbeda. Namun, secara umum, konsumsi ganggang laut adalah cara sederhana untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral tanpa menambah banyak kalori.

Sebagai sebuah studi dalam catatan Obat Kelautan, manfaat rumput laut umumnya merupakan persediaan yang baik untuk protein, karbohidrat, serat, mineral,dan asam lemak tak jenuh ganda.

Sebuah studi dalam Journal of Applied Phycology menunjukkan bahwa berbagai jenis rumput laut mengandung nutrisi bermanfaat, termasuk vitamin C, vitamin B, vitamin A, vitamin E, besi,dan yodium. Rumput laut juga mengandung antioksidan, yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel.

Bahkan, tampak bahwa rumput laut hijau dan ungu kering mengandung sejumlah besar vitamin B12. Satu studi menemukan 2,4 mcg atau 100% RDI vitamin B12 didapat hanya dalam 4 gram rumput laut nori.

Membantu fungsi tiroid

Ilustrasi kelenjar tiroid (iStockphoto)

Kelenjar tiroid mengontrol dan melepaskan hormon untuk produksi energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Tiroid membutuhkan yodium agar berfungsi dengan benar. Tiroid bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon. Tanpa yodium yang cukup, Anda mungkin mulai mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher.

Kekurangan yodium adalah salah satu penyebab hipotiroidisme (tiroid yang kurang aktif). Ini dapat menyebabkan perkembangan gondok, pembesaran kelenjar tiroid. Hipertiroid terjadi ketika kelenjar tiroid terlalu aktif dan menghasilkan hormon dalam jumlah berlebihan.

Asupan makanan yang direkomendasikan untuk yodium adalah 150 mcg per hari. Kandungan yodium sehat juga dapat ditemui pada manfaat rumput laut. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah terkonsentrasi dari laut.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Food and Drug Analysis, kombu adalah sumber yodium terkaya, diikuti oleh wakame dan nori. Bubuk rumput laut juga merupakan sumber yang signifikan. Jenis rumput laut dan lokasi penanamannya dapat mengubah kandungan yodium.

Rumput laut juga mengandung asam amino yang disebut tirosin, yang digunakan bersama yodium untuk membuat dua hormon kunci yang membantu kelenjar tiroid melakukan tugasnya dengan baik.

Di bawah ini adalah kandungan yodium rata-rata dari tiga rumput laut kering yang berbeda:

- Nori: 37 mcg per gram (25% dari asupan makanan yang direkomendasikan)

- Wakame: 139 mcg per gram (93% dari asupan makanan yang direkomendasikan)

- Kombu: 2523 mcg per gram (1,682% dari asupan makanan yang direkomendasikan)

Rumput laut adalah salah satu sumber terbaik yodium. Hanya satu sendok teh (3,5 gram) rumput laut kering dapat mengandung 59 kali asupan makanan yang direkomendasikan.

Meringankan Diabetes

Ilustrasi diabetes (iStockphoto)

Makanan kaya serat bisa membantu merigankan diabetes. Ini karena jumlah serat yang tinggi membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar.

Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes, seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin. Pada tahun 2040, 642 juta orang di seluruh dunia diperkirakan menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Menariknya, rumput laut telah menjadi fokus penelitian untuk cara-cara baru untuk mendukung orang-orang yang berisiko diabetes. Sebuah studi delapan minggu pada 60 orang Jepang mengungkapkan bahwa fucoxanthin, suatu zat dalam rumput laut coklat, dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Peserta diminya untuk mengonsumsi minyak rumput laut lokal sebesar 0 mg, 1 mg atau 2 mg fucoxanthin. Studi ini menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 mg fucoxanthin memiliki peningkatan kadar gula darah, dibandingkan dengan kelompok yang menerima 0 mg.

Studi ini juga mencatat peningkatan tambahan kadar gula darah pada mereka yang memiliki kecenderungan genetik terhadap resistensi insulin, yang biasanya menyertai diabetes tipe 2. Terlebih lagi, zat lain dalam rumput laut yang disebut alginat mencegah lonjakan gula darah pada hewan setelah mereka diberi makan makanan tinggi gula.

Diperkirakan bahwa alginat dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Beberapa penelitian hewan lainnya telah melaporkan peningkatan kontrol gula darah ketika ekstrak rumput laut ditambahkan ke makanan.

Mendukung kesehatan usus

Ilustrasi usus (Decade 3d Anatomy Online/Shutterstock)

Bakteri di usus memainkan peran penting dalam memecah makanan dan mendukung pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan. Alga bisa menjadi makanan yang ideal untuk usus.

Penulis sebuah studi dalam Journal of Applied Phycology melaporkan bahwa ganggang cenderung mengandung jumlah serat yang tinggi, yang dapat membentuk 23-64 persen dari berat kering ganggang.

Serat ini dapat membantu memberi makan bakteri usus. Bakteri usus memecah serat menjadi senyawa yang meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan sistem kekebalan tubuh.

Menambahkan ganggang ke dalam makanan mungkin merupakan cara sederhana untuk memberi tubuh banyak serat prebiotik yang sehat bagi usus, yang pada perannya dapat membantu mengatasi masalah seperti sembelit atau diare.

Menurunkan berat badan

Ilustrasi berat badan. (iStock)

Manfaat rumput laut selanjutnya adalah membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar. Serat dalam rumput laut dapat bermanfaat bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

Serat membantu seseorang merasa kenyang, tetapi mengandung sangat sedikit atau bahkan tidak ada kalori. Menurut penelitian di Marine Drugs, sejumlah besar serat makanan menunda pengosongan perut. Akibatnya, perut mungkin tidak mengirim sinyal kelaparan ke otak untuk waktu yang lebih lama, yang dapat membantu mencegah makan berlebihan.

Melindungi jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung

Manfaat rumput laut yang terakhir berkaitan dengan fungsi jantung. Seperti yang dicatat dalam penelitian yang sama, makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh. Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan unsur-unsur ini, yang dapat mengakibatkan penurunan total kolesterol hingga 18 persen.

Banyak jenis ganggang juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi, yang juga dapat mendukung kesehatan jantung seiring berjalannya waktu. Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Ramadan, Ungu Perkenalkan Lagu Hasbunallah

Posted: 17 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ungu memang dikenal produktif dalam membuat lagu-lagu hits religi. Pastinya banyak yang masih ingat beberapa lagunya seperti "Andai Ku Tahu", "SurgaMu", dan "Para Pencari-Mu.

Setelah cukup lama vakum, Ungu kembali hadir dengan lagu religinya yang akan menemani sepanjang Ramadan 2019.

Dengan formasi lengkap, Pasha, Enda, Oncy, Maki, dan Rowman menyapa kembali penggemarnya lewat lagu "Hasbunallah".

Bagi Ungu kehadiran lagu "Hasbunallah" tidak hanya sekadar inspirasi lagu, tapi juga telah menjadi pedoman hidup yang mereka pegang. Walupun memiliki momen terpuruk dalam hidup, dengan kembali ke jalan Allah merupakan hal yang mampu membuat mereka kembali berdiri.

Pesan yang Disampaikan Lewat Lagu ini

Demi melengkapi lagu ini, Ungu juga sudah mempersiapkan musik video untuk para penggemarnya. Sebuah musik video arahan Candi Soeleman telah rampung dibuat.

Dalam musik video ini, Ungu Band ingin menyampaikan gambaran mengenai makna "Hasbunallah". Menceritakan tentang manusia yang terkadang terlalu sibuk dengan kehidupannya dan lupa bahwa apa yang ia dapatkan datangnya dari Allah SWT.

Lewat lagu ini, Ungu juga ingin mengingatkan juga bahwa apa pun yang dimiliki manusia akan kembali juga kepada-Nya. Simak musik videonya di channel Trinity Production di Vidio.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bolos Kerja di Hari Kejepit, PNS Bakal Kena Sanksi

Posted: 17 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adanya proses pemilihan umum (pemilu) dan wafatnya Isa Al-Masih pada Jumat, 19 April 2019 besok membuat Kamis (18/4/2019) menjadi hari kejepit nasional.

Namun begitu, pemerintah mengimbau agar seluruh pekerja untuk tetap masuk menunaikan tugasnya, terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin bersyukur, penyelenggaraan pemilu kemarin dapat sukses berjalan aman dan lancar. Oleh karenanya, ia pun meminta PNS selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk kembali melaksanakan tanggung jawabnya seperti biasa.

"Proses dan tahap pemilu yang sangat krusial sudah sampai pada puncaknya kemarin, saat hari pencoblosan. Kementerian PANRB selaku penanggung jawab meminta kepada seluruh ASN untuk kembali bekerja di aktivitasnya masing-masing walau besok (Jumat) libur," ujar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

 

PNS Dilarang Terlibat dalam Politik Praktis

Sejumlah pegawai Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta melakukan aktivitas kerja di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7). Mulai Senin (3/7), seluruh instansi pemerintahan masuk kerja usai libur Lebaran. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Selain itu, ia pun melarang para abdi negara untuk beropini dan terlibat dalam politik praktis. Dalam hal ini, Syafruddin memandatkan tugas kepada setiap instansi pemerintah, baik kementerian/lembaga, pemerintah pusat, provinsi dan daerah untuk mengawasi masing-masing pekerjanya.

"Hakiki dari sebuah negara bangsa, masyarakat harus dilayani agar bangsa negara bisa berjalan dengan baik. Saya meminta kepada seluruh ASN untuk kembali aktif melayani masyarakat sesuai dengan tugasnya," imbuh dia.

Bila sampai ada PNS yang mengabaikan tugasnya hari ini atau mengabaikan netralitas dengan berkecimpung dalam politik praktis, sanksi akan diberikan oleh masing-masing instansi pemerintah yang membawahinya.

"Sanksi dan sebagainya? Itu akan diselesaikan secara komprehensif. ASN di bawahi oleh kementerian/lembaga dan pemerintah masing-masing," pungkas dia.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Senangnya Llorente Antar Tottenham Hotspur ke Semifinal Liga Champions

Posted: 17 Apr 2019 09:35 PM PDT

Manchester- Fernando Llorente jadi pahlawan sebenarnya bagi Tottenham Hotspur saat menyingkirkan Manchester City dari Liga Champions. Selain Son Heung-min, Llorente pantas disebut berjasa besar bagi Spurs.

Striker asal Spanyol ini tak masuk starting eleven lantaran pelatih Mauricio Pochettino lebih memilih memainkan Moussa Sissoko. Pochettino memasukkan Llorente pada babak pertama karena Moussa Sissoko mengalami cedera.

Llorente menjawab kepercayaan sang pelatih dengan gol krusialnya pada menit ke-73. Gol itu membawa Tottenham Hotspur menipiskan ketertinggalan menjadi 3-4. Dalam posisi skor itu, Spurs bisa melaju ke semifinal dengan keunggulan agresivitas gol tandang.

"Sungguh malam yang luar biasa! Ini salah satu momen terbaik dalam karier saya," ujar Llorente kepada Spurs TV sesudah pertandingan.

"Memang benar saya sudah meraih berbagai gelar seperti memenangi Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Europa (dengan Sevilla), dan Liga Italia (bersama Juventus), tapi yang satu ini adalah sejarah. Melakukan ini dengan tim yang sungguh luar biasa seperti Tottenham Hotspur dan tampil kali pertama di semifinal di Liga Champions dengan rekan satu tim adalah gila. Saya percaya pada mereka, dan saya pikir kami bisa membuat sejarah," katanya.

Perihal golnya yang boleh dibilang dilesakkan dalam waktu tepat, striker 34 tahun itu angkat bicara. Gol ini juga jadi kontroversi karena dianggap menggunakan pinggulnya, sebelum meluncur ke gawang Man City yang dikawal Ederson.

 

Gunakan VAR

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester City pada laga Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (17/4). Manchester City menang 4-3 atas Tottenham Hotspur. (AP/Jon Super)

Wasit Cuneyt Cakir asal Turki membutuhkan bantuan VAR sebelum memutuskan keabsahan gol itu. Akhirnya gol itu memang dianggap sah.

"Itu gol penting karena itu dalam momen pertama kami keluar (menyerang), tapi saya selalu percaya terhadap diri sendiri dan peluang yang saya miliki, dan terpenting adalah mengucapkan terima kasih pada seluruh fans karena mereka sangat penting buat kami, dan sekarang kami harus melanjutkan mimpi ini," tuturnya.

"Babak kedua sangat sulit karena mereka bermain sangat baik, memainkan bola sangat cepat. City memiliki pemain-pemain luar biasa, mereka seakan punya waktu dua detik buat berpikir dan melakukan sesuatu dengan bola. Sangat sulit menghentikan mereka," lanjutnya.

"Saya sangat bangga karena tak mudah bermain dalam pertandingan luar bisa semacam ini dengan banyak tekanan dan juga di momen sulit. Tapi, seperti saya sampaikan, saya selalu percaya pada diri sendiri, pada kesempatan yang saya miliki dan inilah yang saya lakukan. Saya mencoba melakukan yang terbaik dan selalu siap setiap kali saya dibutuhkan," tuturnya.

Gol Llorente itu akhirnya jadi penentu kelolosan Tottenham Hotspur ke semifinal Liga Champions, untuk kali pertama sejak 1962 atau 57 tahun lalu saat masih berformat Piala Champions.

Sumber: Tottenham Hotspur

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ingin Presiden Terpilih Harus Adil terhadap Peritel Besar dan UKM

Posted: 17 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2019 memang telah usai tapi ini belum sepenuhnya berakhir karena hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum selesai. Beberapa lembaga survei turut melakukan penghitungan cepat atau quick count.

Sejauh ini, perhitungan cepat dari beberapa lembaga survei memenangkan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Tentunya pemilu ini menimbulkan sejumlah harapan bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya harapan sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Wakil Ketua Aprindo, Tutum Rahanta mengatakan, tidak mempermasalahkan siapa pun yang menang dan akan menjadi presiden Indonesia untuk lima tahun mendatang.

Hanya saja ia berpesan, siapapun presiden yang terpilih dapat memenuhi segala kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Selain itu, ia juga berharap presiden yang terpilih dapat adil terhadap peritel besar maupun usaha kecil menengah (UKM).

 

Aprindo Berharap Presiden Terpilih Dapat Memberi Rasa Aman

Ilustrasi supermarket (iStock)

"Siapapun presiden nantinya, semoga dapat memberikan rasa aman, damai, nyaman dan tentram," tambahnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Tidak hanya itu saja Tutum juga berharap kepada presiden yang terpilih nantinya agar dapat mengayomi keseluruhan masyarakat.

Ia pun berpesan kepada masyarakat agar bersabar dan untuk tidak terprovokasi atas hasil yang belum resmi.

"Saya rasa pemilu sudah usai, sekarang tinggal sabar tunggu hasil resminya dari KPU. Semoga masyarakat tidak terpecah belah karena informasi-informasi yang belum pasti," ujar dia.

 

Menko Darmin: Investor Bakal Masuk Indonesia Usai Pilpres 2019

Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution saat menjadi pembicara dalam acara Bincang Ekonomi di Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (2/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyebutkan selesainya pemilihan presiden (pilpres) akan mengembalikan lagi kepercayaan investor pada kondisi perekonomian dan pasar di Indonesia.

Kendati demikian dia menyatakan selesainya pilpres yang dimaksud adalah sampai keluar pengumuman resmi siapa yang terpilih menjadi presiden apakah itu Jokowi ataukah Prabowo. Hal tersebut saat ini tengah ditunggu oleh para investor.

"Tentu akan membuat orang menjadi lebih pasti dan lebih jelas. tapi ya itu harus selesai dulu pemilunya benar-benar hasilnya maksud saya. Itu kemudian tentu saja akan membuat orang (investor) mengambil keputusan ya," kata Menko Darmin saat ditemui usai mencoblos di TPS 20 Kompleks Liga Mas, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, 17 April 2019.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut menegaskan meski ada aksi menunggu atau wait and see namun kondisi iklim investasi di Indonesia masih cukup bagus dan tidak mengalami masalah yang berarti sebagai dampak dari adanya pilpres tersebut.

Kondisi tersebut juga didukung oleh tingkat konsumsi yang bagus di dalam negeri atau domestik.

"Investasi sebenarnya masih oke, data kita menunjukkan masih bergerak antara 6,7 dengan 7 persen pertumbuhannya ya. Konsumsi rumah tangga juga masih oke, itu bergerak antara 5 - 5,1 persen," ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Ngenesnya Jomblo Ini Bikin Geleng-geleng Kepala

Posted: 17 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang mau jadi jomblo? Hidup sendirian, tidak ada yang memberi perhatian, dan hidup dengan kesepian. Hidup tanpa perhatian lebih, akan membuat dirimu merasa kurang begitu menikmati hidup.

Hidup yang harusnya seru karena adanya cinta, malah berlaku sebaliknya di mana akan merasakan kesepian tanpa ada yang mempedulikan kecuali teman dan keluarga. Sedihnya hidup jomblo kadang membuat sebagian orang bertingkah aneh dan bikin tepuk jidat bagi siapa saja yang melihatnya.

Hal tersebut sehingga menimbulkan julukan jomblo ngenes di zaman milenial ini. Ngenesnya jomblo kadang terekspos di media sosial yang membuat kamu bakalan ikut merasakan kesedihan mereka karena tidak ada cinta di hidup mereka.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (18/4/2019) merangkum tentang potret ngenesnya jomblo dari postingan beberapa akun Instagram sebagai berikut.

1. Gandeng Kucing

jomblo ngenes (sumber: instagram.com/awreceh)

Potret ngenesnya Jomblo yang pertama ialah jomblo berfoto dengan meminjam tangan hewan kucing. Hal ini sungguh membuat tepuk jidat bagi siapa saja yang melihanya. Harusnya pria ini bergandengan dengan tangan wanita bukan kucing.

Ngenesnya jomblo ini kemudian membuat netizen banyak yang berkomentar.

"Klo sama kocheng entar anaknya kek gmn tuh" tulis akun @ikbarbs

"Halalin aja bang kochengnya" tulis akun @dionandk

2. Edit Foto

jomblo ngenes (sumber: instagram.com/awreceh)

Kengenesan jomblo selanjutnya di atas termasuk dalam golongan sangat menyedihkan nasibnya. Tidak ada yang mencintainya, bahkan tidak ada yang mau menciumnya, membuat pria ini inisiatif edit fotonya. Editannya pun tidak rapi, dan malah membuat ketawa siapapun yang melihatnya.

Inisiatif pria ini kemudian banjir komentar netizen sebagai berikut.

"Maksa amat" tulis akun @chocolatos_2000

"mau ngebully dosa ga si" tulis akun @salsabilah26_

3. Dipeluk Boneka

jomblo ngenes (sumber: instagram.com/recehtapisayang)

Mungkin pria ini sudah lama tidak memboncengkan seorang wanita. Sehingga dengan tingkah konyolnya, pria ini memakai boneka agar bisa diboncengnya dan bisa memeluk dirinya. Sungguh jomblo ngenes yang amat menyedihkan.

Aksi pria ini pun kemudian banyak netizen yang mengomentarinya.

"Sedih bgt om" tulis akun @vanillala7

"sking jomblonya ya" tulis akun @jenayyya_

4. Ceker Ayam

jomblo ngenes (sumber: instagram.com/ngakakkocak)

Tidak hanya kaki kucing saja yang dimanfaatkan jomblo, bahkan ceker ayam yang sudah digoreng pun dijalikan halusinasi agar ada yang memegang tangan jomblo tersebut. Memang aksi jomblo ini bikin geleng kepala.

Kebersamaan jomblo ini dengan ceker ayam kemudian viral dan banyak yang mengomentari.

"Ceker wkwkw" tulis akun @bellachildyav

"Mblo" tulis akun @lisdiana_fadillah

5. Dicium Patung

jomblo ngenes (sumber: instagram.com/ngakakkocak)

Kengenesan jomblo yang terakhir ialah dilakukan oleh seorang pria saat sedang berada di pusat perbelanjaan. Melihat patung yang memakai hijab, pria ini langsung menempelkan pipinya seolah-olah dicium oleh sang patung.

Netizen pun langsung mengomentari aksi pria jomblo ini sebagai berikut.

"ngga ada pasangan patung pun jadi" tulis akun @sunsgt24

"kurang belaian" tulis akun @_astyazharii

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Umat Katolik Memulai Ibadah Kamis Putih

Posted: 17 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Umat Katolik di Indonesia hari ini memulai rangkaian pekan suci Paskah dengan ibadah Kamis Putih. Sejumlah warga melakukan ibadah di gereja Katedral Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warganet: Siapa pun Presidennya, Tetap Nicholas Saputra Hapus Fotonya

Posted: 17 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hitungan jam, Nicholas Saputra segera menghapus foto selfie-nya di Instagram. Sejak Rabu (17/4/2019) kemarin, foto selfie yang memperlihatkan Nicholas Saputra berpose dengan jari berlumur tinta pemilu sukses menghebohkan jagat maya.

"Baiklah.. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikut berpartisipasi dalam pemilu 2019. Tetap damai dan selamat merayakan demokrasi!PS : postingan ini akan dihapus dalam waktu 24 jam," tulis Nicholas Saputra melalui akun Instagramnya.

Kini, warganet sedang menunggu detik-detik dihapusnya foto Nicholas Saputra dari timeline pribadinya. Dengan dihapusnya foto tersebut, maka warganet tak akan menjumpai wajah lawan main Dian Sastrowardoyo di film Ada Apa dengan Cinta? di Instagram.

Karena, meski aktif menggunakan Instagram, Nicholas Saputra tak pernah sekali pun memamerkan wajahnya di aplikasi pertemanan itu. Ia lebih sering mengisi Instagram dengan foto-foto berlatarkan pemandangan atau destinasi wisata yang dikunjungi.

 

 

 

 

 

 

Foto Disimpan Warganet

Jelang dihapusnya foto Nicholas Saputra, warganet pun ramai-ramai menuliskan reaksi lucu di berbagai situs jejaring sosial. Di Twitter misalnya, banyak warganet yang kemudian adu cepat menyimpan foto Nicholas Saputra.

"Detik2 menjelang nicholas saputra hapus foto selfi. Udah pada capture blm?" tulis @nafikaAY

"Kerjaanku pagi ini ngerefreshin foto selfie nicholas saputra yg tiap di refresh likes nya nambah padahal semua org ngelike dgn sadar kalo 2 jam lg mo diapus. Dan aku jg like he" tulis @ayeaahs

"Daripada ribut" gak jelas, yok yg belum save/screenshoot selfienya Nicholas Saputra sebelum dihapus 2 jam lagi" ujar @Novasyane

"Siapapun presidennya tetap aja nicholas saputra bakal delete fotonya dalam 24 jam" ujar @ladangfia

(Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SMS Palsu Marak pada Pemilu 2019, BRTI Larang Penjualan Fake BTS

Posted: 17 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beberapa hari terakhir, masyarakat diresahkan dengan penyebar informasi negatif melalui SMS palsu atau blast SMS via mobile blaster atau fake BTS.

Jumlah penyebaran konten negatif melalui SMS palsu atau blast SMS, bahkan semakin tumbuh ketika menjelang Pemilu pada 17 April 2019.

Agung Harsoyo, Komisioner Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengatakan, Kominfo dan BRTI sudah memonitor perkembangan isu yang meresahkan ini.

Untuk sekarang, Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (Balmon) tengah bekerja untuk memantau perkembangan penggunaan fake BTS tersebut.

Menurut Agung, penyebar SMS palsu dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan teknologi IT yang dinamakan mobile blaster atau fake BTS.

Dengan perangkat tersebut, oknum yang tak bertanggung jawab bisa mengirimkan pesan singkat SMS kepada pelanggan tanpa izin operator maupun pemilik nomor yang sesungguhnya.

"Yang melakukan penyebaran SMS itu bukan operator. Melainkan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab yang memiliki alat mobile blaster atau kita sebut fake BTS. Dengan alat tersebut mereka bisa menyebarkan SMS seolah-olah dari pemilik resmi nomor tersebut," kata Agung dalam keterangan resminya.

"BRTI menghimbau masyarakat yang melakukan penyebaran SMS melalui fake BTS untuk menghentikan kegiatannya. Kegiatan tersebut telah  merugikan masyarakat dan melanggar UU ITE," lanjutnya.

 

Larangan SMS Blast

Ilustrasi SMS (ist.)

Saat ini, regulator sudah bertindak mengeluarkan larangan penggunaan SMS blast melalui fake BTS.

Pelarangan tersebut tertuang dalam siaran pers No. 84/HM/Kominfo/04/2019 dengan mengenai Tangkal Penyebaran Konten Negatif, BRTI Larang Jual Beli dan Penggunaan Perangkat Penyebar SMS Palsu.

Dalam siaran pers tersebut Ketua BRTI Ismail mengatakan pihaknya menemukan adanya penggunaan SMS Blaster atau Mobile Blaster atau Fake BTS untuk penyebaran SMS yang berisi konten negatif. Tindakan ini melanggar UU Telekomunikasi dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Meski regulator telah melarang penggunaan fake BTS, Agung mengakui, hingga saat ini Kemkominfo masih kesulitan untuk menghentikan secara penuh penggunaan fake BTS di masyarakat.

Selain karena alat tersebut telah beredar cukup masif di masyarakat tanpa melalui operator, pengoperasian fake BTS ini juga dilakukan secara random dan berpindah-pindah tempat. Tergantung jenis event yang akan disasar.

Agung melanjutkan, fake BTS sebenarnya sudah dipergunakan sejak pilkada DKI beberapa waktu yang lalu.

Namun pada saat itu jumlahnya tak terlalu banyak. Ketika ajang Pemilu serentak diadakan 17 April, jumlah SMS blast yang melalui teknologi fake BTS ini mulai marak.

Cara beroperasi fake BTS dalam menyebaran SMS dinilai Agung cukup canggih. Masyakarat yang memiliki alat fake BTS ini melakukan intersepsi jaringan operator telekomunikasi tertentu disekitar BTS yang dekat dengan alat fake BTS tersebut.

"Jadi, fake BTS ini memancarkan frekuensi seolah-olah BTS operator. Padahal sesungguhnya ini murni tanpa melalui core atau billing sistem operator. Mereka melakukan intersepsi diantara BTS dan pelanggan telepon selular," jelas Agung.

Lintas Kementrian Dibutuhkan untuk Tekan Peredaran Fake BTS

Ilustrasi BTS (ittelecomdigest.com)

Hingga saat ini, alat fake BTS masih dijual bebas di beberapa toko IT offline dan penjualan online dengan harga pukuhan juta rupiah.

Agung menjelaskan, fake BTS sebetulnya merupakan alat ilegal dan tidak pernah diperkenalkan oleh regulator.

Karena sudah meresahkan masyarakat, kini Kemkominfo dan BRTI melarang penjualan fake BTS ini. Pelarangan ini sama seperti penjualan jammer dan penguat sinyal

Melihat maraknya penjualan fake BTS ini di toko IT offline dan e-commerce, Dr.Ir. Mohammad Ridwan Effendi MA.Sc. Sekjen Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi ITB meminta agar Kemkominfo segera menindak para penjual perangkat fake BTS maupun pelaku broadcast SMS yang menggunakan perangkat telekomunikasi ilegal tersebut.

"Karena ini sudah mengarah ke tindak pidana yang tertuang dalam UU ITE, sudah seharusnya Kominfo dan kepolisian dapat segera menindak pengguna broadcast SMS yang menggunakan fake BTS tersebut. Sebab para pelaku sudah menyebarkan berita yang tidak benar dan membuat masyarakat resah," terang Ridwan. 

Agar peredaran perangkat broadcast SMS yang menggunakan fake BTS di masyarakat berkurang, Ridwan meminta agar Kominfo dapat bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan untuk dapat melarang masuk dan beredarnya fake BTS.

Menurut Ridwan, langkah pemblokiran dan pelarangan yang dilakukan oleh Kominfo tak akan berarti jika tak dibarengi dengan pelarangan impor alat-alat IT seperti fake BTS tersebut.

(Jek/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Empat Daerah di Papua Lakukan Pemilu 2019 Susulan Hari Ini

Posted: 17 Apr 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Sebanyak 702 TPS di Distrik Abepura dan Jayapura Selatan, Kota Jayapura, hari ini baru menggelar Pemilu 2019 susulan. Keterlambatan logistik dari percetakan di Makassar ke Kota Jayapura, menjadi salah satu alasan pemilu di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua baru dilakukan hari ini.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, menyebut pemilu tahun ini mengalami kemunduran karena tak ada kesiapan KPU bersama dengan komisionernya.

Kata Benhur, sebagai pemerintah, pihaknya selalu siap membantu kesulitan penyelenggara pemilu dalam setiap agenda nasional yang harus disukseskan secara bersama.

"Tetapi saya berterima kasih kepada warga di Kota Jayapura yang telah memahami tentang fungsi penyelenggaraan pemilu di Kota Jayapura, sehingga tidak melakukan aksi-aksi yang berlebihan selama jalannya proses pemilihan," ujarnya, Kamis (18/4/2010).

 

Kehilangan Logistik Pemilu

Pemilu 2019 susulan di Papua. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay, menyebut bukan hanya Kota Jayapura yang melakukan pemilihan susulan. Di Kabupaten Yahukimo ada 7 distrik dengan 155 TPS yang mengalami pemilu susulan hari ini, lalu di Kabupaten Tolikara di Distrik Winay ada 24 TPS.

Kemudian di Distrik Kirihiwalay, Kabupaten Waropen, ada 9 TPS yang ikut pemilu susulan. Kabupaten Yahukimo, Tolikara, dan Waropen melakukan pemilu susulan karena keterlambatan logistik pemilu dengan helikopter dan speedboat, akibat cuaca buruk.

"Pascapencoblosan kemarin, kondisi Papua relatif aman, walaupun ada sedikit gesekan dan ketidakpuasan dari warga Papua, akibat keterlambatan logistik, misalnya di Kota dan Kabupaten Jayapura," dia menjelaskan.

Theo melanjutkan, hingga saat ini untuk TPS 51 di Kota Wamena, belum dapat melakukan pencoblosan akibat logistik pemilu hilang. "KPU di Jayawijaya dan unsur terkait sedang melakukan pleno terkait hilangnya logistik ini. Mereka belum melakukan pencoblosan," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polisi dan Tentara Bersenjata Lengkap Jaga Kantor KPU

Posted: 17 Apr 2019 09:21 PM PDT

Sejumlah anggota kepolisian membawa senjata lengkap saat mengamankan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah anggota kepolisian membawa senjata lengkap saat mengamankan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tentara berjaga dengan membawa senjata lengkap saat mengamankan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tentara berjaga dengan membawa senjata lengkap saat mengamankan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara sepeda motor melintasi mobil water cannon yang disiagakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengendara sepeda motor melintasi mobil water cannon yang disiagakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah persenel kepolisian berjalan saat mengamankan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah persenel kepolisian berjalan saat mengamankan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (18/4). Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi ancaman keamanan usai Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Sulap Limbah Kampanye Jadi Jaket Super Stylish, Inspiratif Banget

Posted: 17 Apr 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 telah digelar pada Rabu (17/4/2019) secara serentak di seluruh penjuru nusantara. Kini masyaarkat hanya tinggal menunggu bagaimana hasilnya nanti yang diumumkan oleh KPU pada Senin (22/4/2019).

Salah satu sisa-sisa dari pesta rakyat ini adalah Alat Peraga Kampanye (APK) yang beberapa di antaranya belum bersih di jalanan. APK ini biasanya terdiri dari baliho, stiker, dan bendera yang jumlahnya sangat banyak. Tak jarang APK ini mengganggu pemandangan dan fungsi fasilitas umum.

Dari situlah, seorang pria melakukan sebuah kreasi karena merasa resah akan keberadaan APK yang tersebar di pohon pinggir jalan, menutupi lampu jalan dan jalur pejalan kaki. Pria asal Bogor ini ternyata membuat sebuah karya yang luar biasa dari penggunaan kembali limbah kampanye seperti diunggahnya ke laman Instagram miliknya @tejyet.

Hasil dari kreasinya ini pun dibagikannya pada, Selasa (16/4/2019) yang terbuat dari bendera-bendera partai. Sontak saja, apa yang dilakukan pria ini pun menjadi viral di media sosial.

Nah, berikut ulasan lebih lengkapnya yang dipaparkan langsung oleh sang desainer melalui wawancara yang dilakukan oleh reporter Muhammad Fahrur Safi'i pada Rabu (17/4/2019).

Desainer Busana Limbah Kampanye

Harits Alfadri Dewanto (Sumber: DokPribadi/Harits Alfadri Dewanto)

Diwawancari melalui pesan elektronik, Harits Alfadri Dewanto merupakan seorang seniman juga founder dari produk jasa custom lukis apparel Funky Scars atau dalam media sosial Instagram @funkyscars.

Fadri yang merupakan mantan mahasiswa DKV ini juga merasakan keresahan ketika melihat bendera-bendera berlogo partai-partai terpampang dan melukai pohon-pohon pinggir jalan raya, menutupi lampu jalan, menutupi jalur pejalan kaki dan lain sebagainya.

"Menaruh atribut kampanye seperti itu mengganggu fungsi fasilitas umum dan juga mengganggu estetika umum," ungkapnya kepada reporter Liputan6.com.

Pameran Limbah Visual

Busana hasil kreasi dari beberapa bendera partai hasil karya dari seniman Harits Alfadri Dewanto (Sumber: Instagram/@tejyet)

Atas keresahannya, pria yang akrab disapa Fadri ini merasa perlu mengambil alat kampanye tersebut dan dapat dijadikan barang yang berguna. Ia gabungkan bendera-bendera partai dan dijadikan dengan barang fashion. 

Daripada menjadi limbah tak berguna, Fadri pun menyulap bendera-bendara parpol menjadi sesuatu yang berguna. Ya, ia mengubah bendera prapol menjadi jaket super stylish.

Berencana Membuat Pameran

Busana hasil kreasi dari beberapa bendera partai hasil karya dari seniman Harits Alfadri Dewanto (Sumber: Instagram/@tejyet)

Kalau Virgil Abloh memakai elemen visual garis di jalan raya untuk jadi karakter karyanya dia. Kali ini Fadri menggunakan elemen limbah visual sebagai pemanfaatan limbah visual setelah pemilu.

Untuk jangka panjangnya, Fadri berniat untuk membuat pameran dengan unsur utama 'limbah visual'. Bagaimana dengan kamu, berniat untuk melakukan hal serupa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah, Juventus dan Real Madrid Disebut Ciut Lawan Ajax

Posted: 17 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajax Amsterdam kini menjadi kuda hitam yang sangat diperhitungkan di Liga Champions usai kalahkan Real Madrid dan Juventus. Ajax tembus semifinal usai menang agregat 3-2 atas Juventus.

Sebelumnya, di babak 16 besar, Ajax sudah mengulingkan Real Madrid dengan tragis. Ajax lolos ke perempat final kala itu dengan mengalahkan Madrid dengan agregat 5-3. 

Mampu mengalahkan Juventus dan Real Madrid membuat pelatih Ajax, Erik ten Hag, bisa sesumbar. Bahkan ia menyebut nyali dua tim yang pernah bertemu di final Liga Champions tersebut ciut saat berhadapan dengan pemain asuhannya.

Baru-baru ini, Ajax berhasil mengunci satu tempat di babak semifinal Liga Champions. Pencapaian itu diraih setelah mengalahkan Juventus dengan skor tipis 2-1 pada leg kedua perempat final yang digelar di Allianz Stadium, Turin.

Kemenangan itu jelas melengkapi perjalanan apik Ajax di musim ini. Sebab tak hanya Juventus, mereka pun juga sukses menyingkirkan Real Madrid di 16 besar lalu juga merepotkan klub raksasa Jerman, Bayern Munchen, pada fase grup.

 

 

Juventus dan Madrid Ketakutan

Perayaan kemenangan yang dilakukan pemain Ajax usai memastikan diri lolos ke semifinal pada leg kedua laga perempat final Liga Champions yang berlangsung di Stadon Allianz, Turin, Rabu (17/4). Juventus kalah 1-2 Kontra Ajax. (AFP/Filippo Monteforte)

Erik ten Hag pun tak bisa menahan perasaan gembiranya setelah berhasil membawa Ajax ke semifinal. Dengan sesumbar, ia menyebut Juventus dan Real Madrid ketakutan saat menghadapi Frenkie De Jong dkk.

"Kami lagi-lagi menyingkirkan salah satu unggulan di Liga Champions. Dengan filosofi kami, kami bisa melebihi batasan kami dan telah melakukannya lagi. Anda bisa lihat Juve sedikit ketakutan pada kami, juga Real Madrid," tutur ten Hag dikutip dari Goal.

"Sangat sulit untuk menghadapi gaya bermain kami, sebab kami punya banyak pemain yang sangat bertalenta secara teknik. Bahkan di pertahanan, hanya kami yang paham cara memainkan permainan operan yang bervariasi," lanjutnya.

Kiat Jitu Ajax

Ten Hag lalu membocorkan strategi yang ia gunakan saat bertemu dengan Juventus. Saat jeda, di mana skor masih imbang 1-1, ia meminta para pemainnya untuk membatasi ruang gerak salah satu gelandang Bianconeri, Emre Can.

"Kami bermain baik di leg pertama, jadi kami punya keyakinan serta kesabaran yang dibutuhkan untuk melepaskan diri dari tekanan Juventus pada babak pertama," tambahnya.

"Saat jeda, kami berbicara soal memberikan tekanan kepada Emre Can, di mana para penyerang sayap harus lebih maju ke depan, serta membuat Lasse Schone dan Frenkie De Jong bermain lebih dekat," sambungnya.

"Ruang terbuka dan kami bisa menyerang. Juventus harus bertahan pada saat itu, tapi kami unggul 2-1 dan punya banyak peluang untuk mencetak gol," tandasnya.

Kini, Ajax tinggal menanti siapa yang akan menjadi lawannya di babak semifinal nanti. Musuh berikutnya bisa diketahui setelah leg kedua antara dua klub Inggris, Manchester City dan Tottenham, digelar pada Kamis (18/4) dini hari.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heechul Super Junior Tampil Fresh untuk Single Baru

Posted: 17 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Lama tidak terdengar beritanya, sebentar lagi fans Heechul Super Junior akan dapat menikmati lagu terbaru dari salah satu member Super Junior ini.

Tidak lama lagi, Heechul Super Junior akan meluncurkan debut solonya di dunia musik.

Penyanyi tersebut baru-baru ini mengunggah foto teaser dari single pertamanya yang berjudul "Old Movie".

Dalam update tersebut, Heechul Super Junior juga memberikan informasi lebih tentang debutnya yang akan datang.

Proses Penciptaan

Kim Heechul Super Junior. (kpopchart.net)

Dikabarkan, lagu terbaru dari anggota boy grup Super Junior itu bergenre rock ballad. Lagu tersebut dibuat bersama-sama dengan temannya dalam satu grup, Donghae.

Mereka memiliki job desk masing-masing dalam pembuatan lagu ini. Donghae yang menciptakan melodinya dan Heechul menulis sendiri lirik dari lagunya.

Genre

Heechul Super Junior (Foto: Twitter/SJofficial)

Dilansir dari Sports Chosun, lagu "Old Movie" ini akan memiliki nuansa vintage disertai dengan "melodi melankolis dan diikuti oleh orkestrasi yang indah".

(Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pilpres Lancar, Investor Masuk ke Pasar Modal

Posted: 17 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proses pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres) yang berlangsung lancar pada Rabu (17/4) berdampak positif pada pasar modal RI.

Itu terlihat dari pergerakan indeks pagi ini yang menguat ke level 6.600 pada pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini.

"Pemilu aman memberikan dampak positif terhadap pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di bursa saham. Meski masih minim transaksi, dampak positif itu terefleksi di market pagi ini," tutur Direktur Riset dan Investasi Kiwoom Sekuritas, Maximilianus Nico Demus kepada Liputan6.com, Kamis (18/4/2019).

Seperti diketahui, IHSG pada perdagangan hari ini di BEI menguat. Berdasarkan data BEI pada pukul 09.01 wib, IHSG naik 140,92 poin atau menguat 2,17 persen menjadi 6.622.,46 poin dari penutupan hari Selasa (16/04) sebesar 6.481,54 poin.

Itu pun dibenarkan oleh Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi yang menyebutkan investor telah masuk ke pasar modal melihat aksi pencoblosan di dalam negeri berlangsung aman.

"Kelihatanya investor sudah buy-in lah ya, kemarin juga pencoblosan damai, tenang dan oke, jadi dalam market di sini confident dengan kemarin," ucapnya.

Menko Darmin: Investor Bakal Masuk Indonesia Usai Pilpres 2019

Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution (Dok Foto: Kemenko Bidang Perekonomian)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyebutkan selesainya pemilihan presiden (pilpres) akan mengembalikan lagi kepercayaan investor pada kondisi perekonomian dan pasar di Indonesia.

Kendati demikian dia menyatakan selesainya pilpres yang dimaksud adalah sampai keluar pengumuman resmi siapa yang terpilih menjadi presiden apakah itu Jokowi ataukah Prabowo. Hal tersebut saat ini tengah ditunggu oleh para investor.

"Tentu akan membuat orang menjadi lebih pasti dan lebih jelas. tapi ya itu harus selesai dulu pemilunya benar-benar hasilnya maksud saya. Itu kemudian tentu saja akan membuat orang (investor) mengambil keputusan ya," kata Menko Darmin saat ditemui usai mencoblos di TPS 20 Kompleks Liga Mas, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) tersebut menegaskan meski ada aksi menunggu atau wait and see namun kondisi iklim investasi di Indonesia masih cukup bagus dan tidak mengalami masalah yang berarti sebagai dampak dari adanya pilpres tersebut.

Kondisi tersebut juga didukung oleh tingkat konsumsi yang bagus di dalam negeri atau domestik.

"Investasi sebenarnya masih oke, data kita menunjukkan masih bergerak antara 6,7 dengan 7 persen pertumbuhannya ya. Konsumsi rumah tangga juga masih oke, itu bergerak antara 5 - 5,1 persen," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker AC Milan Jadi Kunci Bursa Transfer Musim Ini

Posted: 17 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Striker AC Milan Andre Silva bisa menjadi kunci untuk membuka transfer pemain sayap Olympique Marseille Florian Thauvin musim panas ini.

Seperti dilansir Tuttosport dan France Football, Kamis (18/4/2019), Thauvin kabarnya dapat diatur untuk pindah dari Marseille di jendela transfer berikutnya.

Pemain berusia 26 tahun ini telah mencetak 15 gol dan juga menyediakan sembilan assist dari 33 pertandingan untuk tim asuhan Rudi Garcia.

Berkat penampilannya itu, Thauvin kini jadi ancaran klub-klub Eropa. Selain AC Milan, ia juga menarik minat dari Bayern Muenchen.

Meskipun agen Thauvin menyatakan bahwa kemungkinan pindah ke AC Milan adalah omong kosong, tapi kemungkinan Silva dapat digunakan sebagai mitra untuk mempermanis kesepakatan.

Opsi Membeli

1. Andre Silva (Sevilla) - 6 Gol. (AP/Miguel Morenatti)

Silva saat ini dipinjamkan ke Sevilla dari Rossoneri. Tapi, tampaknya besar kemungkinan bahwa klub Andalusia tidak akan mengambil opsi mereka untuk membeli pada akhir musim.

Pemain berusia 23 tahun itu telah mencetak 11 gol dalam 40 pertandingan untuk Los Rojiblancos. Nilai Silva mencapai 32 juta euro jika ingin ditebus.

Pemain Serba Bisa

Kedatangan Thauvin di San Siro akan memperkuat posisi sayap kanan AC Milan. Tapi, Thauvin tidak hanya bisa berperan sebagai pemain sayap. Pria kelahiran 26 Januari 1993 ini juga bagus dimainkan sebagai penyerang.

Nama Thauvin, 26 tahun, memang tengah menjulang di Ligue 1 Prancis. Dia sukses membawa Marseille lolos ke final Liga Europa, musim lalu. Di level timnas, Thauvin juga menjadi bagian skuat Prancis di Piala Dunia 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria di Klaten Meninggal Dunia Saat Mencoblos di Bilik Suara

Posted: 17 Apr 2019 09:12 PM PDT

Liputan6SCTV, Klaten - Seorang warga di Klaten, Jawa Tengah, Rabu siang, 17 April kemarin, meninggal dunia saat melakukan pencoblosan di bilik suara. Korban langsung diserahkan ke pihak keluarga, dan peristiwa tersebut tetap tidak mengganggu proses pencoblosan.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (18/4/2019), dalam rekaman video milik warga, jasad Wiro Sumarto, warga Daleman, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, dibawa dari bilik suara. Wiro meninggal dunia saat melakukan pencoblosan di TPS 01 Desa Daleman.

Awalnya korban ikut antre bersama warga lain. Saat menerima surat suara kondisi korban pun terlihat sehat. Namun saat berada di bilik suara, tiba-tiba Wiro jatuh dan meninggal dunia. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Pasang Stiker Mobil, Ini Tren Warna dan Harganya

Posted: 17 Apr 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengubah warna mobil, beberapa pemilik memilih menggunakan stiker pada seluruh bodi mobil. Selain memiliki harga lebih terjangkau, stiker akan lebih mudah diganti atau lepas saat sudah bosan.

Hal itu diungkapkan pemilik bengkel stiker di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Pacman, Imam.

"Kalau cat itu kan lebih mahal, dan waktunya lebih lama. Jadi, stiker tetap banyak dipilih. Pilihan warna banyak, kalau sudah bosan tinggal cabut aja," ujarnya di Jakarta Pusat.

Selain membuat tampilan mobil lebih keren, memasangan stiker juga dinilai mampu membuat mobil tetap mulus bebas baret dan melindungi warna asli mobil.

Lalu berapa harga dan tren warna stiker mobil saat ini?

Selanjutnya

Imam menjelaskan terdapat dua jenis warna yang menjadi tren dan banyak dipilih pemilik kendaraan saat ini, yakni matte atau doff dan glossy untuk mobil jenis sport utility vehicle (SUV).

"Untuk mobil sedan, city car dan kendaraan kecil warna yang banyak dipilih itu yang cerah-cerah seperti candy atau glossy," ujarnya.

Saat disinggung soal harga, Imam mengaku untuk mobil kecil harga yang ditawarkan diangka Rp4,5 juta hingga Rp5 juta.

"Untuk mobil kecil, biasanya pakai warna yang mentereng dan mengilap, hijau, merah, kuning saat ini banyak yang seperti itu. Soal harga, itu kisaran Rp4,5 juta sampai Rp5 juta untuk sedan dan mobil kecil. SUV kayak Fortuner atau Pajero Sport itu kisaran Rp7,5 juta sampai Rp8 juta," tuturnya.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilih Golput Tempel Gambar Nurhadi-Aldo di Surat Suara Pilpres 2019

Posted: 17 Apr 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang warga di Bojong Gede melakukan aksi golput dengan menempelkan gambar pasangan calon presiden fiktif Nurhadi-Aldo dan kemudian mencoblosnya. Kejadian ini ditemukan di TPS 121, tepatnya di RT 01 RW 022, Bojong Depok Baru I, Bojong Gede, Bogor, Rabu 17 April 2019.

Peristiwa tersebut diabadikan oleh seorang warga dan sempat diunggah melalui instagram story @rickobot. Surat suara nyeleneh itu ditemukan saat proses pemungutan suara di TPS tersebut.

Dalam video tersebut, saat perhitungan suara terlihat surat suara asli ditempel gambar pasangan Nurhadi-Aldo di bagian belakang lembar surat. Surat suara itu sudah tercoblos, namun bukan di kolom 01 maupun 02, melainkan di bagian tengahnya.

Hasil coblosan itu tidak menyumbang suara untuk pasangan calon manapun, namun tercoblos untuk pasangan nomor 10 Nurhadi-Aldo. Petugas TPS yang mengecek surat suara itu menyatakan surat suara tidak sah.

"Jadi ini gagal yah. Tidak sah," ucap pria berbaju batik dalam video.

 

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Tutorial Mencoblos

Sebelumnya pasangan capres-cawapres fiktif Nurhadi-Aldo sempat viral pada akhir 2018. Pada 24 Desember 2018, akun instagram @nurhadi_aldo pernah mengunggah video tata cara memilih pasangan nomor urut 10 itu.

Dalam video dijelaskan bahwa pemilih boleh mencoblos angka atau nama pasangan 01 maupun pasangan 02. Sebab di balik halaman surat suara terdapat gambar pasangan Nurhadi-Aldo, sehingga pilihan yang diberikan pada pasangan 01 maupun 02 akan menambah perolehan suara Nurhadi-Aldo.

Video yang diunggah pasangan calon presiden fiktif itu sebenarnya bertujuan mengajak warga Indonesia agar menggunakan hak suaranya dan tidak golput. Namun seorang warga di Bojong Gede malah mengikuti tata cara yang diberikan dalam tutorial dengan menempel gambar Pasangan Nurhadi-Aldo di balik surat suara lalu mencoblosnya.

 

Reporter: Dewi Larasati

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Kata-Kata Mutiara Cinta Islami dengan Makna Mendalam dan Memotivasi

Posted: 17 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kata-kata mutiara cinta Islami bisa memberikan motivasi dan juga memberikan kesejukan dalam menjalani kehidupan yang banyak cobaan ini. Kamu bisa menggunakannya untuk memotivasi diri sendiri atau untuk memotivasi orang lain.

Kata-kata mutiara cinta Islami banyak mengandung makna di dalamnya jika kamu benar-benar menghayati arti di dalamnya. Manusia hidup di dunia pasti dipenuhi dengan cobaan dan juga rintangan.

Banyak cobaan yang terasa begitu berat sehingga kamu merasa ingin menyerah dan menyudahi hidupmu. Terlebih soal urusan cinta yang terkadang banyak polemik muncul karena cinta ini berurusan dengan perasaan. Jika sekali perasaan menjadi sedih, kadang kala untuk memperbaikinya sedikit sudah dan butuh waktu yang lama.

Kata-kata mutiara cinta Islami bisa memberikan sedikit dorongan untuk selalu berusaha tidak menyerah dan selalu menerima keadaan. Mencoba menjadi lebih baik dan terhindar dari kesedihan yang terlalu mendalam karena cinta.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa kata-kata mutiara cinta Islami yang bisa kamu gunakan untuk memberikan motivasi, semangat hidup, hingga memberikan kepercayaan akan cinta, Kamis (18/4/2019).

Kata-kata Mutiara Cinta Islami

Ilustrasi Islam (sumber: Pixabay)

"Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri, karena hasil akhir dari semua urusan di dunia ini sudah ditetapkan oleh Allah. Jika sesuatu ditakdirkan untuk menjauh darimu, maka ia tak akan pernah mendatangimu. Namun jika ia ditakdirkan bersamamu, maka kau tak akan bisa lari darinya."

Kata-kata mutiara cinta Islami di atas merupakan perkataan dari Umar bin Khattab. Kata-kata ini mengandung makna bahwa segala sesuatu di dunia ini sudah ditakdirkan dan sudah ditentukan masing-masing jalannya.

Meskipun kamu bersikeras menginginkan sesuatu, namun itu tidak ditakdirkan untukmu, maka itu tidak akan bisa kamu dapatkan. Jadi jangan terlalu egois dalam suatu hal, lakukan sewajarnya saja.

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui."

Kata-kata mutiara cinta Islami ini diambil dari surat Al-Baqarah ayat 216. Hal ini menjelaskan bahwa sesuatu yang kamu suka atau kamu benci itu belum tentu sesuai dengan apa yang sebenarnya.

Berperilakulah adil terhadap sesuatu. Jangan membenci sesuatu secara berlebihan dan jangan menyukai sesuatu secara berlebihan. Lakukan sewajarnya saja.

"Perpisahan hanya berlaku untuk mereka yang mencintai lewat mata. Karena untuk mereka yang mencintai dengan hati dan jiwa, tak akan ada yang namanya perpisahan."

Jika kamu mencintai seseorang atau menyukai seseorang, janganlah hanya karena fisik yang nampak saja, tapi harus dari hati dan juga perilakunya.

"Tak peduli seberapa baik atau buruknya hidupmu, bangunlah setiap pagi dan bersyukurlah bahwa kamu masih memilikinya."

Kata-kata mutiara cinta Islami di atas bisa diartikan bahwa hidup yang kamu miliki itu harus selalu kamu syukuri. Karena tuhan sudah memberikannya kepadamu. Jangan kamu sia-siakan semua yang sudah ada pada hidupmu seperti kekayaan, kesehatan, hingga pasangan hidup.

"Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintainya, agar saat sedih tidak berlebihan."

Segala yang diberikan oleh Allah itu sebenarnya adalah sebuah cobaan. Cobaan yang harus kita syukuri, cobaan yang bisa memperkuat keiamanan kita kepada Allah.

Kata-kata Mutiara Cinta Islami

Kata-kata Mutiara Cinta Islami (sumber: Pixabay)

"Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah."

Memutuskan untuk berhijrah, berarti memutuskan untuk selalu di jalan Allah dan selalu melakukan semua yang dianjurkannya dan tidak melakukan apa yang dilarangnya. Kamu pasti tidak akan pernah berhenti jika hijrahmu itu benar-benar karena Allah, dan ikhlas menjalaninya.

"Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik, jika kita merelakan dia dengan ikhlas karena Allah."

Semua yang kita miliki itu adalah milik Allah. Maka jika suatu saat itu diambil oleh Allah, kita harus ikhlas menerimanya, dan percaya itu yang terbaik untuk kita dan Allah pasti akan menggantikannya dengan yang lebih baik.

"Saat Allah mengambil satu kebahagiaan yang ada padamu, Allah juga menyiapkan kebahagiaan dalam bentuk yang lain."

Allah tidak akan pernah membuat sedih hambanya dengan semena-mena mengambil kebahagiaan. Namun kamu pasti akan mendapatkan kebahagian lain yang lebih cocok untuk kamu miliki, atau bahkan lebih baik untuk kamu miliki. Percayalah dan ikhlas karena Allah.

"Tetap saling menjaga satu sama lain untuk selalu dekat dengan Allah. Semoga kelak bersama-sama masuk surga."

Allah menurunkan pasangan di dunia ini bukan hanya untuk dicintai saja, namun untuk bersama-sama berbuat kebaikan dan bersama-sama berusaha untuk masuk ke surga kelak.

"Pasangan paling bahagia di dunia ini tidak pernah memiliki sifat yang sama. Mereka hanya saling memahami dengan baik tentang perbedaan yang mereka miliki."

Kata-kata mutiara cinta Islami di atas menjelaskan bahwa setiap pasangan pasti memiliki sifat yang berbeda-beda, namun setiap pasangan harus mampu memahami masing-masing kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki.

Itulah beberapa kata-kata mutiara cinta Islami yang bisa kamu gunakan untuk memotivasi hidupmu agar lebih baik lagi dan tidak mudah menyerah dalam menjalani hidup.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Berbagi ala Atlet Taekwondo Cilik yang Peduli Pengidap Kanker

Posted: 17 Apr 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menumbuhkan kepedulian dan rasa berbagi pada sesama idealnya memang dimulai sejak usia dini. Membuka mata penerus bangsa, bagaimana di luar sana ada begitu banyak saudara-saudara yang kehidupannya tak seberuntung mereka.

Aksi nyata membantu sesama dilaksanakan oleh seorang atlet Taekwondo cilik bernama Wajendra Hanif Athoillah Luthfi. Hanhan, begitu ia biasa disapa bakal melakukan tantangan triathlon demi menggalang dana untuk pengidap kanker.

"Awalnya diajak sama Abi (ayah) untuk ikut membantu donasi dengan kekuatan Hanhan dan Hanhan mau. Diajak ke salah satu tempat pengidap kanker namanya adik Farih dan Hanhan termotivasi," jelas Hanhan melalui sambungan telepon kepada Liputan6.com, Rabu, 17 April 2019.

Potensi fisik dan kecintaan yang dalam pada olahraga menjadi landasan utama Hanhan memutuskan untuk melakukan triathlon sebagai aksi penggalangan dana bagi kemanusiaan ini. "Triathlon lebih ke fisik dan Hanhan punya fisik bagus ada bakat renang dan lari," tambah siswa kelas 5 SD Sekolah Alam Bogor ini.

Misi mulia Hanhan tidak lepas dari peran dan dukungan sang ayah, Luthfi Kurnia yang membangkitkan semangat sang putra sulung. Ajakannya pun mendapat sambutan hangat dari Hanhan.

"Di Sekolah Alam ada aktivitas sosial dan membantu orang lain sejak kelas satu. Beberapa kali ada bencana saya ajak Hanhan ke sana," jelas Luthfi pada kesempatan yang sama.

Seperti penuturan Hanhan, Luthfi sempat mengajak putranya berbincang terkait membantu sesama. Jawaban tak terduga pun disampaikan oleh anak usia 11 tahun tersebut.

"Saya ngobrol dengan Hanhan dan ia ingin membantu orang yang kesulitan, tetapi dia bilang masih kecil nggak punya uang dan akhirnya mau membantu dengan potensi yang dimiliki," tambahnya.

Latihan Fisik

Hanhan, anak 12 tahun yang siap triathlon mendukung anak-anak seusianya yang tengah berjuang melawan penyakit kanker. (dok. Instagram @hanhan_taekwondokids/https://www.instagram.com/p/BqACKw0gXrV/Putu Elmira)

Triathlon seorang diri yang akan dilakukan Hanhan meliputi renang 200 meter, sepeda 20 kilometer, serta lari lima kilometer. Tantangan ini akan bakal dilakukan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2019 mendatang.

Persiapan pun telah berlangsung selama dua bulan, mulai dari latihan fisik dari masing-masing olahraga. "Latihan dua bulan, latihan lari, berenang ke sekolah naik sepeda. Latihannya tiga kali seminggu selama dua jam," kata Hanhan.

Ayah Hanhan juga turut memberikan beragam dukungan untuk kelancaran aksi sang anak. Ia tak pernah putus memberikan semangat agar Hanhan dapat mewujudkan misi mulia membantu sesama.

"Dukungan Abi dalam antar jemput, terus memberi keperluan renang dan sepeda. Kalau Abi kerja, latihan sendiri," tambahnya.

Atlet Taekwondo yang telah mengikuti beragam pertandingan ini juga menyampaikan harapannya pada aksi triathlon mendatang. "Harapannya semoga bisa menjadi lebih baik dan bisa menolong orang lain," tutur Hanhan.

Bantuan Melalui Fundraising Platform

Hanhan, anak 12 tahun yang siap triathlon mendukung anak-anak seusianya yang tengah berjuang melawan penyakit kanker. (dok. Instagram @hanhan_taekwondokids/https://www.instagram.com/p/Bv63Ccan__b/Putu Elmira)

Selain tantangan triathlon, Hanhan membuka penggalangan dana melalui sebuah fundraising platform bernama Kita Bisa. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan kepada anak-anak pengidap kanker.

"Saya ketemu Kita Bisa dan Lembaga Sekolah Relawan, di mana Hanhan dibukakan akun penggalangan donasi sampai tanggal 2 Mei 2019," jelas ayah Hanhan.

Semua donasi masuk ke rekening Kita Bisa dengan waktu yang telah ditentukan. Nantinya, donasi dapat dicairkan untuk para penyintas kanker, satu di antaranya Farih yang menderita kanker mata.

"Ada juga akun Gerakan Bisa Sembuh Kanker dan di sana juga Hanhan ikut," tambah Luthfi.

Bentuk dukungan Hanhan lewat donasi nantinya digunakan untuk meringankan pengobatan para penyintas kanker mulai dari biaya pascaoperasi hingga berobat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Hasil Quick Count 2019 Bikin Warganet Gelisah

Posted: 17 Apr 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menunggu hasil Quick Count Pilpres 2019 ternyata menjadi salah satu hal yang mendebarkan bagi netizen. Ini terbukti dengan curhat mereka di media sosial.

Artikel tentang warganet yang deg-degan menunggu hasil Quick Count Pilpres 2019 menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan potret lawas Pemilu pertama. Sementara artikel ketiga tentang TPS-TPS dengan dekorasi unik.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Detik-Detik Hasil Quick Count Pilpres 2019, Bikin Warganet Deg-degan

Ilustrasi Pilpres (Liputan6.com/Trie yas)

Berbagai lembaga survei akan segera mengeluarkan hasil hitung cepat atau quick count pada pukul 15.00 WIB. Nampaknya hasil hitung cepat ini membuat rakyat penasaran, terlebih lagi bagi mereka yang berharap pasangan calon presiden dan wakil presiden pilihannya akan menang.

Tak hanya penasaran, banyak pula dari mereka yang mengaku deg-degan dengan hasil quick count ini. Hal tersebut diutarakan oleh para warganet di lini masa Twitter.

Berikut deretan twit warganet yang mengaku harap-harap cemas menunggu hasil quick countPilpres 2019.

Selengkapnya...

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2. 7 Potret Lawas Pemilu Pertama di Indonesia, Tak Jauh Beda dengan Sekarang

foto: instagram/@makassar_iinfo

Menilik sejarah tentang pemilihan umum, mungkin banyak yang belum tahu bahwa pemilu pertama kali dilakukan pada 1955. Pemilihan umum ini pertama kali dilakukan usai Indonesia merdeka. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 tahun 1953, pemilu dilaksanakan dalam rangka memilih anggota-anggota parlemen (DPR) dan Konstituante (sejenis MPR).

Digelar di penghujung September 1955, pemilu pertama di Indonesia nampaknya tak berbeda jauh dengan pemilu yang saat ini dijalani. Rakyat akan diberikan surat suara dan akan dipersilahkan masuk ke bilik pemungutan suara untuk mencoblos surat suara.

Lantas, apa kalian penasaran seperti apa potret pemilu pertama di Indonesia tersebut?

Selengkapnya...

3. Meriahkan Pilpres 2019, Deretan TPS Ini Punya Dekorasi Super Unik

Foto: Antara News

Sejak pagi tentu sudah banyak orang yang pergi ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk mencoblos. Namun, ada banyak pula warga yang memutuskan untuk golput pada Pilpres 2019ini.

Padahal suara mereka sangat dibutuhkan untuk membantu menentukan masa depan bangsa. Untuk menarik perhatian warga, nyatanya banyak pengurus TPS yang berinisiatif untuk membuat dekorasi yang unik.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan TPS unik dari berbagai daerah di Indonesia pada momen Pilpres 2019.

Selengkapnya...

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jokowi-Ma'ruf Unggul dalam Penghitungan di Washington DC

Posted: 17 Apr 2019 09:02 PM PDT

Petugas KPPS Luar Negeri bersama pengawas dan saksi melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri bersama pengawas dan saksi melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS oleh pemilih WNI, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS oleh pemilih WNI, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri bersama pengawas dan saksi melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri bersama pengawas dan saksi melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS oleh pemilih WNI, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri mencatat perolehan suara saat penghitungan suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS oleh pemilih WNI, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri bersama pengawas dan saksi melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

Petugas KPPS Luar Negeri bersama pengawas dan saksi melakukan penghitungan surat suara Pemilu 2019 yang dikirimkan melalui pos maupun yang dicoblos langsung di TPS, di KBRI Washington DC, Kamis (18/4). Jokowi meraih 1113, sementara pasangan Prabowo-Sandi meraih 352 suara. (Liputan6.com/HO/Butet)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Quick Count Pilpres 2019 di Bali: Jokowi 91%, Prabowo 9%

Posted: 17 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indo Barometer hampir merampungkan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019. Dari data 99,67 persen yang sudah masuk hingga pukul 10.40 WIB, Kamis (18/4/2019), pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin unggul dibanding pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga di Jawa Tengah.

Berikut rincian perolehannya:

Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin: 91,00 Persen

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno: 9,00 Persen

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Metodologi

banner grafis elektabilitas Jokowi Vs Prabowo (Liputan6.com/Abdillah)

Quick Count Indo Barometer dilakukan di 1.200 TPS sebagai sampel, dari 809.497 yang tersebar di 34 provinsi. Margin of error sebesar plus minus 1% pada tingkat kepercayaan sebesar 99%.

Metode penarikan sampel TPS, yaitu stratified and systematic random sampling.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wamen ESDM: Gross Split Cocok untuk Blok Migas Eksplorasi

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar menegaskan, skema bagi hasil migas Gross Split juga menarik dalam kontrak kerja blok minyak dan gas bumi (migas) Wilayah Kerja (WK) Migas Eksplorasi. 

Arcandra pun menepis anggapan beberapa pihak menilai blok yang masih berstatus eksplorasi, dianggap memiliki risiko yang tinggi dan butuh investasi dengan dana besar, sehingga kontraktor masih membutuhkan kepastian penggantian biaya operasi (cost recovery) untuk mencari minyak dan gas bumi.

Arcandra mengatakan,  skema gross split tidak cocok untuk blok migas ekplorasi adalah sebuah kesalahan, karena sejauh ini sudah ada 14 blok migas yang laku menggunakan skema gross split.

"Sudah ada 14 blok yang laku karena menggunakan skema gross split, dan ini untuk blok eksplorasi," tutur Arcandra, dikutip Dari situation resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Arcandra menuturkan, sejak diterapkan pada 2017, skema bagi hasil gross split telah membawa dampak positif terhadap perkembangan investasi migas di Indonesia.

Pemerintah optimistis tren positif hulu migas ini terus berlanjut dengan lakunya blok-blok migas yang ditawarkan, baik itu blok baru, maupun blok terminasi.

 

Wood Mackenzie Berikan Apresiasi

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Lembaga konsultan energi global Wood Mackenzie dalam laporannya yang dirilis Januari 2019, juga memberikan apresiasi atas perubahan sistem kontrak bagi hasil migas dari cost recovery menjadi gross split. 

Menurut laporan Mackenzie, kebijakan fiskal yang diterapkan oleh sistem gross split dinilai positif terhadap investasi migas di Indonesia Sistem kontrak gross split pun mendapat sambutan yang positif dari para investor migas.

Arcandra juga menyinggung ada kesalahpahaman lain, anggapan jika kontraktor minyak besar tidak ada yang berminat terhadap gross split, gross split hanya diminati dan digunakan oleh kontraktor migas kecil.

"Ini ada yang mengatakan seperti itu, kalau saya bilang saat ini ENI yang mengelola Blok East Sepinggan telah beralih ke gross split, apa ada yang mengatakan kalau ENI itu perusahaan kecil?" tutur Arcandra.

Arcandra mengungkapkan, alasan kontraktor mengalihkan kontraknya menjadi gross split adalah mempertimbangkan keuntungan menggunakan skema gross split yakni, efisien, proses yang tidak berbelit-belit, sederhan dan lebih memiliki kepastian. Ini ditunjukkan dari parameter pembagian insentif jelas dan terukur.

"Karena alasan-alasan itu mereka mengalihkan kontraknya menjadi gross split," tandasnya.

 

 

Bikin Daya Pikat Investasi Hulu Migas RI Naik

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Sebelumnya, laporan Petroleum Economics and Policy Solution (PEPS) Global E&P Attractiveness Ranking menyebutkana bahwa daya saing ketertarikan berinvestasi pada sektor minyak dan gas bumi (migas) di Indonesia tahun 2018 nempati peringkat 25 dari 131 negara.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, capaian ini membuktikan tata kelola sektor migas Indonesia membaik sehingga mampu memikat para investor.

"Penilaian yang diakui oleh lembaga riset global membuktikan pengelolaan sektor migas di Indonesia belakangan ini berhasil mendorong kembali geliat investasi migas. Ini tak lepas dari upaya perubahan kebijakan fiskal pada pengusahaan di sektor migas," kata Arcandra, di Jakarta, Jumat, 15 Februari 2019.

Dilansir dari laporan IHS Markit, lembaga penyedia informasi dan analisis global yang berpusat di London, Indonesia masuk dalam kategori negara yang mampu menggenjot aktivitas eksplorasi dan eksploitasi migas di tengah lesunya investasi hulu migas akibat fluktuasi perekonomian global. Indonesia mampu mengguli Aljazair, Rusia, Mesir yang dikenal sebagai negara eksportir minyak.

Berdasarkan laporan yang sama, Indonesia juga menduduki peringkat terbaik apabila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya. Bila dikomparasikan, Malaysia misalnya. Pada tahun 2017 menduduki peringkat ke-23, sekarang ini melorot ke posisi 35.

Peningkatan aktivitas ini tak lepas dari adanya perubahan sistem fiskal bagi hasil Gross Splityang diterapkan oleh Pemerintah untuk menggantikan rezim fiskal sebelumnya, yaitu cost recovery. Perubahan ini cukup membawa angin segar lantaran efisiensi dalam sistem gross splitmenggiurkan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) migas menggalakkan kegiatan eksplorasi dan ekploitasi.

"Salah satu daya tarik Gross Split bagi para pelaku usaha migas adalah sistem ini mampu melindungi investor di saat rendahnya harga komoditi minyak dunia," jelas Arcandra.

Pemerintah pun berhasil mengantongi dana eksplorasi dari penerapan sistem fiskal baru tersebut sebesar Rp 31,5 triliun. Angka tersebut belum ditambah dengan bonus tanda senilai Rp 13,5 triliun yang diperoleh dari 39 kontraktor yang menggunakan sistem gross split.

"Saya yakin perubahan fiskal ini sangat menjanjikan bagi perkembangan masa depan investasi migas di Indonesia," tutur Arcandra.

 

Manajemen Risiko

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Penilaian positif dari IHS Markit turut didukung manajemen risiko bisnis migas di Indonesia. Transformasi kebijakan berupa penyederhanaan regulasi mampu menjadi dasar utama dalam melakukan pengelolaan, perencanaan hingga mitigasi atas risiko berbisnis migas. Pemerintah Indonesia berhasil memangkas 56 regulasi/perizinan yang menghambat jalannya investasi migas di Indonesia.

"Sepertinya keberlangsungan operasi bisnis migas di Indonesia menjadi salah satu pertimbangan IHS Markit dalam menentukan pemeringkatan tersebut," ungkap Arcandra.

Tingginya komitmen Indonesia dalam mereformasi tata kelola migas dibuktikan dengan nilai investasi yang masuk pada 2018 di tengah tantangan harga komoditi global. Aliran investasi sebesar setara Rp 187,5 triliun masuk ke kas negara pada tahun lalu. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar USD 1,5 triliun dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu Rp 165 triliun.

PEPS menilai bagaimana suatu negara menyajikan informasi, strategi dan manajemen risiko terhadap pengembangan bisnis dan usaha baru di subsektor migas.

Selain itu, PEPS juga menganalisa data hukum, model kontrak, sistem fiskal, politik, dan kondisi hulu migas terkini di sebuah negara. Adapun tiga komponen yang menjadi penentu penilaian oleh IHS Markit antara lain aktivitas E&P, rezim fiskal dan risiko migas.‎

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkara Bocah Main Bola, Pos TNI AL Hampir Dibakar Massa di Aceh

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Lhokseumawe - Warga menggeruduk Pos Angkatan Laut (Lanal) di Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Madya Lhokseumawe, Aceh, Rabu malam, 17 April 2019. Insiden ini sempat diwarnai suara tembakan.

Insiden berawal seorang bocah yang bermain lalu memanjat tower Pos Lanal yang berada dekat Tempat Penampungan Ikan (TPI) Pusong pada Rabu sore. Bocah tersebut ditegur dan kabarnya sempat mendapat perlakuan kasar dari seorang personel TNI yang bertugas di pos tersebut.

Anak ini kabarnya mendapat memar di kening. Hal ini yang kemudian menyulut amarah warga, yang lantas mendatangi Pos Lanal secara beramai-ramai pada malam harinya.

Dalam cuplikan video yang beredar, tampak warga berkerumun dan mengamuk di depan pintu gerbang pos. Kabarnya, sempat ada aksi pelemparan batu yang diarahkan ke dalam pos. Bahkan, ada yang melempar bungkusan berisi bensin, sehingga api menyala di halaman depan dan belakang pos.

Untuk mengantisipasi dan meminimalisasi amarah massa yang kian bergejolak, petugas menembakkan peluru hampa ke udara. Sebagian warga tetap bertahan, meski mendengar suara letusan tembakan itu.

"Jangan takut. Jangan lari...! teriak seorang warga di antara rentetan suara tembakan dan api yang menyala-nyala dalam cuplikan video yang beredar luas.

Lokasi peristiwa berdekatan dengan salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desa tersebut. Di dalam video yang berbeda, terlihat warga yang saat itu tengah berkumpul di TPS kocar-kocar dan berhamburan dari bawah tenda ketika mendengar letusan senjata api.

Komandan Pangkalan TNI AL Kolonel Laut (P) M. Sjamsul Rizal, menjelaskan insiden terjadi pada 22.30 WIB. Amarah warga redam dan warga membubarkan diri menjelang dini hari.

"Ada pembakaran, ada perusakan kaca-kaca yang ada di pos," kata Sjamsul, saat konfirmasi pers di Makodim setempat, Kamis (18/4/2019) dini hari.

Sempat beredar insiden tersebut dikaitkan dengan pemilu karena video di warga berhamburan dari bawah tenda TPS. Namun, Sjamsul membantahnya.

"Kebetulan TPS-nya dekat dengan pos," ucapnya.

Akibat peristiwa tersebut, seorang warga terluka. Namun, saat ini kabarnya yang bersangkutan sudah dirawat di rumah sakit. Belum diketahui yang bersangkutan terluka karena apa.

 

Informasi Beredar di Media Sosial

Ragam versi mengenai insiden di malam pemilu itu berseliweran di media sosial. Ada yang menyebut amarah warga tersulut karena oknum yang mengasari bocah yang disebut-sebut bernama Irsya berumur 12 tahun tersebut tidak mau bertanggung jawab hingga keluarganya marah, lalu bersama warga menggeruduk Pos Lanal Pusong.

Versi lain menyebut, insiden itu meledak imbas dari bola yang ditendang seorang anak masuk ke dalam kantor TNI, dan merusak barang-barang lalu ada oknum TNI AL yang mengasari anak tersebut.  Beredar pula kabar burung ada korban tewas akibat kejadian tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caleg Stres Rentan Kena Gangguan Jiwa, Kenali Gejalanya

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu isu kesehatan yang sering diangkat setelah Pemilu 2019 adalah kesehatan jiwa yang mungkin saja mengganggu para caleg. Stres dan depresi karena gagal lolos ke parlemen dianggap sebagai penyebab terbesarnya.

Ari Fahrial Syam, klinisi sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa stres dan kecewa bisa menjadi faktor utama terjadinya gangguan jiwa dan mengarah pada gangguan fisik pada seseorang.

"Gangguan jiwa yang terjadi bisa ringan sampai berat. Mulai dari sakit kepala, susah tidur, atau nafsu makan menurun. Gangguan jiwa bisa berupa depresi sampai yang berat, seperti psikosis akut," kata Ari dalam siaran pers yang diterima Health Liputan6.com pada Kamis (18/4/2019).

Ari mengatakan, keinginan para caleg untuk meraih kursi merupakan perjalanan yang panjang. Tidak jarang, berbagai hal dari yang rasional hingga tidak bisa diterima akal sehat sering sekali dilakukan.

 

 

Berbagai Gejala yang Mengintai

Stres menjadi yang paling rentan bagi caleg yang gagal lolos ke parlemen. (Foto: Istockphoto)

Dana yang harus dikeluarkan di masa kampanye juga bisa menjadi pemicu stres itu sendiri.

"Belum lagi jika uang tersebut didapat melalui pinjaman uang, baik melalui kantor pegadaian atau bank, atau bahkan melalui rentenir. Rumah, tanah, atau aset lain mungkin sudah jadi jaminan dari proses utang piutang ini," ujar Ari.

Apabila tidak balik modal, jelas masalah jiwa mengintai mereka yang gagal. Ari mengatakan, beberapa rumah sakit jiwa juga memprediksi akan banyak orang yang terganggu kejiwaannya usai Pemilu 17 April 2019.

Ari mengungkapkan beberapa keluhan yang timbul ketika seseorang mengalami stres. Diantaranya adalah sakit kepala, pusing seperti melayang, tangan gemetar, sakit leher, nyeri punggung, otot terasa kaku, berkeringat terutama di daerah ujung jari tangan, kaki terasa dingin, serta gatal-gatal tanpa sebab yang jelas.

"Mereka juga bisa mengalami nyeri dada, nyeri ulu hati, mual, perut kembung, dan begah serta diare."

Gejala fisik yang muncul tersebut bisa dikarenakan adanya penyakit organik sebelumnya. Oleh karena itu pastikan dulu bahwa tidak ada penyakit organik hingga mendapat kesimpulan bahwa keluhan-keluhan yang timbul tersebut diakibatkan penyakit psikosomatik yang dicetuskan oleh stress.

 

Mendapat Perhatian Kemenkes

Suasana pencoblosan pemilu 2019 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, pada Rabu, 17 April 2019. (Foto: Giovani Dio Prasasti/Liputan6.com)

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza, Kementerian Kesehatan RI, dr. Fidiansjah mengatakan bahwa masalah ini juga akan menjadi perhatian Kemenkes.

Mengutip Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Fidi mengatakan bahwa stres pasca pemilu bisa dianggap sebagai kejadian yang tidak biasa atau dianalogikan seperti bencana alam yang tidak dapat diprediksi.

"Ini sebuah situasi yang diketahui banyak pihak sebagai sesuatu seperti kejadian yang tidak biasa atau bencana. Proses ini (Pemilu) adalah proses persaingan dan gangguan jiwa itu bisa terjadi dari ringan sampai tingkat berat," katanya.

Kemenkes sendiri sudah meminta agar semua RS betul-betul menyiapkan, serta disarankan mengumpulkan data terkait gangguan jiwa.

"Ini situasi yang saya katakan pada dasaranya rumah sakit, seperti rumah sakit jiwa, siap dengan kejadian yang tidak biasa ini. Tapi, langsung melakukan sebuah penyesuaian, misalnya rumah sakit umum, Puskesmas, semuanya diberdayakan," kata Fidi.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Jokowi Menang di Madrid, WNI Disuguhi Camilan Khas RI

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Keseruan proses penghitungan suara Pemilu 2019 disaksikan langsung WNI di Madrid. Ketegangan dan deg-degan warga Indonesia sudah terlihat saat penghitungan suara di KBRI Madrid yang dimulai pada Rabu 17 April pukul 13.00 waktu setempat hingga selesai.

"Tidak hanya itu, saat panitia membacakan suara sah, ada beberapa warga yang turut melihat dan memastikan coblosan pada surat suara tersebut benar seperti disampaikan panitia Pemilu," demikian kata Pensosbud KBRI Madrid, Erry Deviandy kepada Antara yang dikutip Kamis (18/4/2019).

Tercatat dari total 725 surat suara di TPSLN Madrid maupun melalui pos, 697 suara dinyatakan sah. Sebanyak 588 suara (84,36  persen) untuk pasangan Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 dan 109 suara (15,64 persen) untuk pasangan nomor urut 02.

Sementara itu, perolehan suara untuk DPR RI, posisi tiga teratas didominasi oleh PDIP dengan 238 suara (37,7 persen), PSI dengan 156 suara (24,7persen) dan Gerindra dengan 52 suara (8,2 persen).

 

 

Camilan Khas RI

Penghitungan suara Pilpres 2019 di KBRI Madrid. (KBRI Madrid)

Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Spanyol ini berjalan tertib, aman dan lancar. Kekompakan, antusiasme dan semangat masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi yang diadakan setiap lima tahun sekali ini cukup tinggi.

Hal ini terlihat dari suasana keakraban dan antusiasme warga yang hadir saat pencoblosan maupun saat penghitungan suara dilakukan. Pada momentum ini, tidak lupa mereka mengabadikannya dengan merekam dan memotret serta mengunduhnya ke akun sosial media masing-masing.

Untuk menemani keseruan dan deg-degan warga yang hadir pada proses penghitungan suara, panitia menyediakan cemilan tradisional Indonesia seperti lupis, ketan dan kue manis serta beberapa cemilan lokal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Pilpres 2019, Warganet Cuitkan Tagar Bolos Hari Kejepit

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah libur sehari usai menjalankan pemilihan presiden (Pilpres) 2019, warganet kembali beraktivitas di tempat kerja, kampus, atau sekolah masing-masing.

Namun demikian, warganet gagal fokus beraktivitas lantaran Jumat, 19 April 2019, di kalender tertanda hari libur nasional Jumat Agung. Akibatnya hari inipun menjadi hari kejepit, yakni masuk kerja di antara dua hari libur.

Tak pelak, ranah Twitter pun ramai dengan tagar bolos hari kejepit (#BolosHariKejepit). Bahkan tagar ini menduduki salah satu trending topic di linimasa Twitter.

Sebagian besar cuitan pun memperlihatkan celoteh-celoteh kocak dari warganet. Misalnya mahasiswa di bawah ini. Ia mengaku tidak bolos, hanya menyarankan untuk ganti kuliah di hari lain.

Sementara, panitia TPS diajak untuk meliburkan diri dengan alasan terlalu lelah.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Cuitan Kocak Lainnya

Kendaraan berlalu-lalang melintasi Jalan Tol Pancoran, Jakarta, Senin (12/9). Jalanan di Ibu Kota Jakarta tampak lengang pagi hingga menjelang siang karena warga sedang merayakan Idul Adha 1437 H. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Ada juga warganet yang justru menggombal seperti di bawah ini:

Tidak hanya itu, warganet lain malah menyebut dosennya meliburkan kuliah karena hari kejepit.

Bolos di hari kejepit ternyata juga tak membuat libur tenang, seperti yang dirasakan warganet di bawah ini. Ia malah ditelepon teman-temannya saat sedang meliburkan diri.

Tanggungan

Sensasi liburan yang paling menyenangkan memang back to nature, alias dekatkan diri dengan alam

Ada juga warganet yang tidak tenang libur karena masih memiliki hal yang dikerjakan. 

Biasanya kalau libur memang bikin malas mandi, seperti warganet di bawah ini.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mantan Presiden Bunuh Diri Saat Hendak Ditangkap Polisi

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alan Garcia, mantan Presiden Peru mengakhiri hidupnya dengan cara menembak dirinya sendiri. Tindakan tersebut ia lakukan untuk menghindari penahanan atas dirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Kelahiran Anak Ketiga, Nikita Mirzani Ubah Penampilan

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini merupakan momen yang pastinya sangat ditunggu-tunggu oleh artis dan model Nikita Mirzani.

Memasuki April, kandungan wanita yang biasa disapa Niki ini telah memasuki bulan kesembilan. Bukan Nikita Mirzani namanya jika tidak ada sesuatu yang baru dari dirinya.

Di kehamilannya yang ketiga ini, Nikita Mirzani mengubah drastis gaya penampilannya.

Dilansir dari cumicumi.com (17/4/2019) sudah menjadi kebiasaan bagi Nikita Mirzani untuk mengubah warna rambutnya setiap hamil.

Warna Pink

Artis cantik dan seksi Nikita sepertinya tak henti-hentinya menjadi perbincangan para netizen. Belum selesai video ganti baju dijalanan, ia kembali menjadi perbincangan soal foto selfie. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Waktu Azka kan dulu warna merah, sekarang warna pink gitu. Enggak tahu kepengin aja setiap melahirkan ada warna di rambut gitu," ujar Niki.

Supaya terlihat segar merupakan alasan dari wanita dua anak itu untuk selalu mengubah warna rambutnya.

Tanggal Melahirkan

Nikita Mirzani (Deki Prayoga/Fimela.com)

Sampai saat ini, Nikita Mirzani masih merahasiakan tanggal persalinannya. Tetapi sudah dipastikan bahwa ia akan melahirkan pada bulan April.

"Pokoknya bulan ini (April), tanggalnya rahasia, nanti juga tahu," ujar Nikita

(Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Semua tentang Pemilu 2019

Posted: 17 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Semua artikel yang berkaitan denfgan Pemilu dan Pilpres 2019 menjadi berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Rabu (17/4/2019). Berikut rangkuman lengkapnya.

1. Selama Quick Count, Prabowo dan Jokowi Unggah Kicauan Ini

Proses quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 sudah dimulai. Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), hasil quick count dapat diumumkan pada Rabu (17/4/2019), pukul 15.00 WIB.

Hasil quick count Charta Politika pada pukul 17.45 WIB, total suara masuk 88,50 persen, dengan rincian Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin: 54,28 persen, sedangkan Nomor Urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno: 45,72 persen.

Adapun hasil quick count LSI Denny JA pada pukul 17.10 WIB, total suara sementara 89,05 persen, dengan rincian Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin: 55,21 Persen, dan Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno: 44,79 Persen.

Dengan perbandingan demikian, masing-masing calon mengunggah twit kepada para pendukung yang telah berpartisipasi pada Pilpres 2019.

Baik Jokowi dan Prabowo, mengunggah kultwit dalam akun Twitter pribadi mereka masing-masing, @jokowi dan @prabowo.

Selengkapnya baca di sini

2. Warganet Heboh Bahas Quick Count Pemilu 2019

Sejumlah lembaga survei telah mulai menghitung sampel suara yang masuk setelah selesainya pemungutan suara di seluruh wilayah Indonesia.

Masyarakat pun tengah memantau quick count atau hitung cepat tersebut.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Rabu (17/4/2019), saat berita ini ditulis, tagar #QuickCount berada di peringkat empat Indonesia trends.

Para pengguna Twitter tampak membagikan pandangan mereka mengenai quick count yang tengah berlangsung.

Selengkapnya baca di sini

3. Nicholas Saputra Unggah Foto Selfie Usai Nyoblos, Warganet Meleleh

Euforia Pemilu 2019 juga dimeriahkan oleh aktor papan atas Nicholas Saputra. Ya, pemeran Rangga dalam film Ada Apa dengan Cinta? tersebut baru saja melakukan sesuatu yang bombastis usai mencoblos di Pemilu 2019.

Untuk pertama kalinya di akun Instagram @nicholassaputra, ia mengunggah foto selfie perdananya.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: