Minggu, 14 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Potret Emak-emak Bertingkah Seenaknya Sendiri Ini Bikin Geregetan

Posted: 14 Apr 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang bahwa ras terkuat di bumi ialah emak-emak. Hal ini bukan tanpa dasar dibilang seperti itu. Sudah banyak fakta yang menyebutkan bahwa emak-emak memang tidak bisa dilawan karena bertingkah seenaknya sendiri.

Sudah banyak contoh yang menyebutkan bahwa emak-emak memiliki kewenangan yang istimewa. Baik di jalan, di rumah atau di manapun, emak-emak selalu ditakuti dan disegani. Oleh sebab itu kaum milenial memberi julukan untuk kekuatan emak-emak dengan sebutan 'The Power of Emak-emak.

'The Power of Emak-emak' begitu disegani oleh milenial. Milenial zaman sekarang lebih memilih diam dan enggan menyinggung emak-emak apabila bertemu. Namun kekuasaan emak-emak hanya berlaku di dunia nyata saja. Di dunia maya khususnya media sosial, emak-emak menjadi konten sangat digemari untuk dibahas.

Seperti dirangkum oleh Liputan6.com, Senin (15/4/2019) dari unggahan beberapa akun Instagram tentang 6 potret emak-emak bertingkah seenaknya sendiri ini bikin ketawa bagi siapapun yang melihatnya. 

1. Jalan Milik Sendiri

emak-emak (sumber: instagram.com/awreceh)

Tingkah emak-emak yang bikin geregetan yang pertama ialah dengan membawa karpet gulungan. Karpet gulungan dibawa emak-emak dengan posisi melintang menutupi ruas jalan. Aksi emak-emak ini seolah-olah menandakan jalan miliki emak-emak sendiri.

Jalan milik sendiri ini kemudian banyak dikomentari netizen sebagai berikut.

"This is raja jalanan" tulis akun @oktaviana_al

"Gak ada yg berani hujat dia" tulis akun @nabellakhan

2. Mengganggu Foto Bersama

emak-emak (sumber: instagram.com/awreceh)

Aksi emak-emak seenaknya sendiri yang kedua ialah emak-emak yang menganggu proses foto bersama di nikahan. Bukannya emak-emak berhenti dahulu sampai menunggu proses foto selesai, emak-emak ini main asal terobos saja.

Ketidaksabaran emak-emak ini mendapat banyak respon netizen sebagai berikut.

"Eksis banget woy" tulis akun @sarahnurmld_

"Tendang aje sekalian elah" tulis akun @jiung.alay

3. Bergelantungan di Kereta

emak-emak (sumber: instagram.com/ngakakkocak)

Ada-ada saja tingkah emak-emak supaya eksis. Kali ini tingkah emak-emak yang bikin tepuk jidat terjadi di dalam kereta cepat. Dengan pedenya sekumpulan emak-emak berfoto di dalam sana. Dan uniknya ada satu emak-emak yang bergelantungan sambil difoto. Benar-benar enggak bisa berkata apa-apa lagi.

Tingkah emak-emak ini banjir komentar. Komentarnya sebagai berikut.

"Fasilitas udah mulai maju ..otak dia masih berkembang" tulis akun @muisabdulghani

"Sudah terlanjur mental angkot, dikasi yg bagus" ya ttp kelakuannya kek di angkot" tulis akun @michaelandreannn

4. Melawan Arah Jalan

emak-emak (sumber: instagram.com/recehtapisayang)

Melawan arah lalu lintas memang bukanlah hal yang mengagetkan bagi emak-emak. Pasalnya emak-emak kadang dengan santainya melawan arah lalu lintas seperti gambar di atas. Tidak tercermin ekspresi emak-emak bahwa yang dilakukannya adalah sesuatu yang salah.

Emak-emak lawan arah ini kemudian banyak dikomentari netizen sebagai berikut.

"Salahkan jalannya, jgn emaknya." tulis akun @renitaa.de

"yg penting yakin mak" tulis akun @jangancepuah

5. Tidak Mau Mengalah dengan Bayi

emak-emak (sumber: instagram.com/awreceh)

Emak-emak kembali bertingkah lagi. Sekarang korbannya ialah bayi. Bayi mengalah terhadap emak-emak. Emak-emak dengam teganya memakai kelambu berwarna pink menutupi tubuhnya agar terhindar dari nyamuk.

Aksi emak-emak ini dikomentari oleh netizen sebagai berikut.

"Yang penting gua ga digigit nyamuk ... Anak mah gampang bisa bikin lagi" tulis akun @irsyt

"Emak ngapain pake itu,nyamuk gigit emak pun,nyamuknya yg mati" tulis akun @awrsuli__

6. Menerobos Palang Kereta Api

emak-emak (sumber: instagram.com/awreceh)

Aksi paling gokil dari emak-emak ialah menerobos palang pintu kereta api. Entah apa yang dipikirkan emak-emak ini hingga mau menerobos palang pintu kereta api. Jelas-jelas apa yang dilakukannya sangat berbahaya bagi keselamatannya.

Aksi gokil emak-emak ini banjir komentar netizen sebagai berikut.

"EMAK KU PAHLAWANKU" tulis akun @dwi.hsh_

"Sultan amat tuh emak emak" tulis akun @10bait_othe

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Superholding, Kementerian BUMN Bakal Dihapus

Posted: 14 Apr 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memiliki rencana jangka panjang terhadap masa depan BUMN, yaitu dengan pembentukan superholding

Terkait hal ini, ternyata Menteri BUMN Rini Soemarno juga sudah memiliki gambaran dan langkah apa saja yang dilakukan menuju pembentukan superholding tersebut.

Langkah awal, jumlah BUMN yang saat ini 143 perusahaan akan disederhandakan dengan dikelompokkan menjadi holding subsektor BUMN. Seperti saat ini sudah terbentuk salah satunya holding industri pertambangan.

"Ya kementerian BUMN akan hilang. Jadinya nanti ada superholding. Nanti akan seperti Temasek dan Khasanah," kata Rini di Gedung Bursa Efek Indonesia, Senin (15/4/2019).

Secara pengawasan, meski Kementerian BUMN akan hilang, tapi pemerintah tetap menjadi pemegang saham. Bahkan, pengawasan dan pertanggungjawaban langsung kepada Presiden.

"Jadi nanti kalau superholding juga langsung ke Presiden. Cuma bentuknya itu bukan bentuk seperti birokrasi, bentuknya bukan kementerian. Yang diharapkan bapak Presiden itu betul-betul bahwa BUMN dikelola secara profesional. Jadi, yang mengawasi harus orang-orang profesional, bukan orang-orang birokrasi," tambah Rini.

 

Jokowi Bakal Bangun Superholding BUMN

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Cawapres Ma'ruf Amin menunjukkan kartu andalan saat Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye dan mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan membangun superholding sehingga menciptakan BUMN kelas dunia.

Hal ini disampaikan Jokowi untuk menjawab pertanyaan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno dalam debat final, Sabtu, 13 April 2019.

Jokowi menuturkan, pihaknya akan membangun holding-holding BUMN ke depan. Holding itu berkaitan dengan konstruksi, migas, dan berkaitan dengan pertanian, perkebunan serta perdagangan. Dengan membentuk holding BUMN itu nanti dibangun super holding.

"Saya kira ke depan kita akan membangun holding-holding BUMN baik holding yang berkaitan dengan konstruksi, karya berkaitan dengan migas. Holding berkaitan dengan pertanian, perkebunan, berkaitan dengan perdagangan lainnya. Akan ada holding di atasnya ada super holding," ujar dia.

Lebih lanjut ia menuturkan, BUMN juga harus berani keluar sehingga dapat mengembangkan usahanya di luar negeri. Hal ini dengan membuka pasar, jaringan.

Dengan begitu diharapkan swasta juga dapat ikuti BUMN. Selain itu ada holding diharapkan dapat lebih mudah mencari modal.

 

Daftar Negara yang Telah Miliki Superholding BUMN

Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyatakan akan membangun superholding sehingga menciptakan BUMN kelas dunia. Pernyataan ini dilontarkan saat debat capres yang berlangsung pada Sabtu lalu.

Jokowi akan membangun holding-holding BUMN ke depan. Holding itu berkaitan dengan konstruksi, migas, dan berkaitan dengan pertanian, perkebunan serta perdagangan. Dengan membentuk holding BUMN itu nanti dibangun super holding.

BUMN juga harus berani keluar sehingga dapat mengembangkan usahanya di luar negeri. Hal ini dengan membuka pasar, jaringan. Dengan begitu diharapkan swasta juga dapat ikuti BUMN. Selain itu ada holding diharapkan dapat lebih mudah mencari modal.

Saat ini beberapa negara tetangga telah menjalankan ide super holding BUMN ini. Terbukti, dengan adanya super holding BUMN bisa mengembangkan bisnis bahkan sampai ke luar negara.

Berikut ini negara yang telah memiliki super hoding BUMN:

Singapura dengan Temasek

Pemerintah Singapura membentuk Temasek Holding pada 1974. Pemebntukan ini dari gabungan beberapa perusahaan lokal yang dibeli oleh pemerintah Singapura. Oleh karena itu saat ini Pemerintah Singapura menjadi pemegang aham pengendali dari Temasek Holding.

Dikutip dari situs resmi perusahaan, Temasek bergerak di beberapa sektor, antara lain jasa keuangan, telekomunikasi, teknologi, transportasi, industri, konsumsi, properti, pertanian, energi dan sumber daya alam. Saat ini Temasek Holding sudah memiliki 11 kantor di beberapa negara lain. Nilai portofolio sampai akhir 31 Maret 2018 tercatat 308 miliar dolar Singapura.

 

Malaysia

Gedung Kementrian BUMN. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Khazanah dibentuk pada 3 September 1993 dan mulai operasional pada 1994. Khazanah memainkan peranan mengurusi aset komersial dan juga menjaga sektor-sektor stategis.

Ada beberapa perusahaan di bawah Khazanah, antara lain Axiata Group Berhad, CIMB Group Holdings Berhad, Tenaga Nasional Berhad, Telekom Malaysia Berhad, Malaysia Airports Holdings Berhad, IHH Healthcare Berhad, dan UEM Sunrise Berhad.

 

Disebut Goyah, BUMN Justru Untung Rp 188 Triliun

Menteri BUMN Rini Soemarno memberi paparan saat konferensi pers pembukaan Indonesia Investment Forum 2018 di Bali, Selasa (9/10). Acara ini diinisiasi BI, Kementerian BUMN, Kemenkeu, dan OJK serta diorganisir oleh Bank Mandiri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto mengatakan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi benteng terakhir perekonomian nasional justru saat ini malah goyah. Hal tersebut diungkapkan dalam debat capres kelima yang berlangsung pada Sabtu kemarin.

Menurut Prabowo, rencana Capres 01 yang akan membikin perusahaan holding sia-sia selama BUMN tidak dikelola dengan baik. "Ini yang kami sangat risau. Bahwa BUMN kita, kebanggaan kita. Semua yang seharusnya jadi national champions, world champions, sekarang moril jatuh," ujar dia.

Apakah benar BUMN tengah goyah?

Dikutip dari laporan kinerja BUMN sepanjang 2018, untuk aset, laba, ekuitas, belanja modal hingga kontribusi kepada APBN dalam bentuk pajak, PNBP, dan dividen naik signifikan.

Hingga 31 Desember 2018, total aset BUMN menembus angka Rp 8.092 triliun. Aset BUMN naik Rp 882 triliun dari capaian 2017 sebesar Rp 7.210 triliun. Total laba BUMN tumbuh menjadi Rp 188 triliun dari laba 2017 sebesar Rp 186 triliun.

Besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan infrastruktur pun terlihat dari belanja BUMN yang meningkat sepanjang 2018 mencapai Rp 487 triliun. Angka itu naik signifikan dibandingkan 2017 sebesar Rp 315 triliun. Belanja modal (capital expenditure/capex) 2018 itu didominasi oleh sektor infrastruktur.

Kontribusi BUMN terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melonjak menjadi Rp 422 triliun, naik Rp 68 triliun dari setoran 2017 sebesar Rp 354 triliun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cheverly Amalia Garap Videoklip Soundtrack Film Fireflies

Posted: 14 Apr 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cheverly Amalia masih melanjutkan proyek film Fireflies yang sukses ditayangkan di Warner Bros Studio, Amerika Serikat, pada Januari 2019 lalu.

Proyek yang sedang dilakukan Cheverly Amalia adalah menggarap videoklip lagu berjudul "Better Place". Lagu tersebut merupakan soundtrack film Fireflies yang dibuatnya.

Sama seperti pembuatan filmnya, Cheverly Amalia menggandeng adiknya, Ruksima, untuk menuntaskan pembuatan videoklip tersebut.

"Sekarang saya lagi balik ke Indonesia. Kebetulan mau kerjain videklip untuk soundtrack film Fireflies di sini saja," ucap Cheverly Amalia saat ditemui di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Minggu (14/4/2019).

Animasi Stop-Motion

Ruksima dan Cheverly Amalia (ist)

Ruksima sendiri merupakan Diaspora Indonesia yang terjun ke bidang animasi stop-motion di Los Angeles.

Dalam pembuatan videoklip, Cheverly Amalia bertindak sebagai sutradara, sedangkan Ruksima sebagai animator stop-motion.

"Boleh dibilang, ini video klip pertama di Indonesia yang menggunakan teknik animasi stop-motion," Cheverly Amalia menjelaskan.

Persahabatan

Suasana pembuatan video klip lagu

Persahabatan dijadikan tema untuk menggarap videoklip lagu "Better Place". Dikisahkan, dua orang yang saling bersahabat dipisahkan oleh maut.

"Konsep (video klip) itu sendiri mengangkat kisah persahabatan. Salah satunya sudah gone atau tiada," dia memungkasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Sakit, WNI di Singapura Ikut Berpartisipasi di Pemilu 2019

Posted: 14 Apr 2019 10:18 PM PDT

Liputan6.com, Singapura - Partisipasi warga Indonesia di Singapura pada Pemilu Serentak 2019 hari Minggu kemarin luar biasa besar. Di antara warga yang mengantre, terdapat sejumlah warga Indonesia yang sudah lanjut usia maupun sakit.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (15/4/2019), mereka datang dengan kursi roda. Bahkan, ada pula yang datang dengan diantar mobil ambulans. Dia adalah Bigman Sirait. Saat ini, Bigman Sirait masih dalam masa pemulihan usai menjalani operasi jantung.

Bigman merupakan satu dari 125 ribu warga Indonesia yang terdaftar dalam DPT di Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura.

"Nggak sempat ngomong, cuma dia bilang gunakan hak pilih demi masa depan Indonesia yang lebih baik," kata Andri kerabatnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan Uji Coba Penggunaan B100 ke 50 Kendaraan Dinas

Posted: 14 Apr 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman meluncurkan uji coba penggunaan biodiesel 100 persen CPO (B100) terhadap kendaraan dinas dan traktor di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan). B100 ini merupakan produksi dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kementan.

Amran mengatakan, penggunaan B100 ini merupakan yang pertama bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Kementan sendiri telah melakukan pengembangan B100 sejak 2 tahun lalu.

"Ini kita launching uji coba untuk 50 kendaraan dan traktor. Ini bukan hanya pertama di Indonesia, tetapi juga di dunia," ujar dia di Kantor Kementan, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dia mengungkapkan, uji coba ini sebenarnya bukan pertama kali dilakukan. Sebelumnya, telah ada kendaraan dinas Kementan yang telah menggunakan B100 dengan total jarak tempuh 6.000 km.

"Kita mulai sejak 2 tahun lalu. Indonesia sudah mencoba hingga B20, B30. Tapi atas arah Pak Presiden kita lompat ke B100. Kita uji coba dan berhasil pada 10 mobil kita, sudah sampai 6.000 km. Sekarang kita uji coba terhadap 50 mobil dan traktor," kata dia.

Menurut Amran, uji coba penggunaan B100 untuk 50 kendaraan dan traktor ini dilakukan selama 2 tahun ke depan. Jika berjalan lancar, maka akan mulai diproduksi secara komersial dengan menggandeng BUMN atau swasta.

"Ini kita uji coba selama 2 tahun, baru nanti diproduksi secara komersial. (BUMN dan swasta) Sudah ada penjajakan, tapi masih rahasia. Nanti kita lihat," tandas dia.

Menteri Amran: Kementan Berhasil Kembangkan Bahan Bakar Biodisel B100

Bahan bakar B100 hasil produksi Kementerian Pertanian. Dok Kementan

Sebelumnya, Kementan melalui program penelitian berhasil mengembangkan bahan bakar Biodisel B-100 atau 100 persen Biosolar. Biodiesel B100 adalah satu bahan bakar yang tidak lagi menggunakan minyak berbasis fosil tapi dari yang lebih terbarukan seperti jagung, kelapa sawit atau lainnya.

"Impian Indonesia ciptakan biodisel B100 dari CPO (Crude Palm Oil) berhasil terwujud. Bahan bakar yang berasal dari 100 persen CPO dengan rendemennya 87 persen ini masih terus dikembangkan. Semua tidak ada campuran," demikian ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat meninjau Balai Penelitian Tanaman Industri Penyegar, Badan Litbang Pertanian Kementan, tempat pembuatan B100 di Sukabumi, Kamis, 21 Februari 2019. 

"B100 ini inovasi dari Badan Litbang Pertanian. Ingat ini B100 bukan B20 atau B30," sambungnya.

Amran menjelaskan bahan bakar B100 ini memiliki keunggulan jika diproduksi nantinya yakni lebih efisien 40 persen dibanding bahan bakar fosil. Dengan menggunakan bahan bakar fosil seperti solar, 1 liternya hanya dapat menempuh jarak 9,4 kilometer, sedangkan dengan menggunakan B100 dimungkinkan menempuh jarak hingga 13 kilometer per liter.

Lebih Ramah Lingkungan?

Bahan bakar B100 ini inovasi dari Badan Litbang Pertanian.

Selain itu, penggunaan B100 diyakini akan lebih murah, ramah lingkungan, dan dapat mensejahterakan petani sawit, serta tentunya menghemat devisa. Karenanya, adanya B100 ini dipastikan dapat memperkuat ketahanan energi nasional.

"Kita punya CPO 38 juta ton. Kita ekspor 34 juta ton. Bisa bayangkan kita bisa menghemat berapa triliun. Ini adalah energi masa depan indonesia," terang Amran.

Ke depan, lanjut Amran, B100 ini mungkin akan diproduksi untuk digunakan masyarakat umum. Namun demikian, hal ini membutuhkan waktu dan kerja keras dan bersama semua pihak.

"Kita optimalkan CPO. Produksi CPO kita 46 juta per tahun. Kita yang mensuplai dunia," terang Amran.

Pada kunjungan ini, Peneliti Utama Bidang Ekofisiologi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Kementerian Pertanian, Prof. Dr. Dibyo Pranowo mengatakan dari seluruh analisis, hanya satu determinan yang perlu di kaji kembali, yaitu karbon residu yang dihasilkan dari B100 CPO Sawit. Sedangkan 19 determinan lainnya sudah lolos uji.

"Sampai sekarang ini sudah memproduksi hampir 2 Ton dengan menggunakan Reaktor Biodiesel ciptaan sendiri. Produksi ini merupakan penyempurnaan parameter dengan metode Dry Oil," jelasnya.

"Dalam 1 bulan ini, percobaan telah dilakukan dengan pengaplikasian B100 CPO Sawit untuk bahan bakar kendaraan. Kendaraan yang dipergunakan adalah Hilux," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ibadah Umroh, Jokowi Masuk ke Dalam Kabah

Posted: 14 Apr 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Usai masa kampanye Pilpres dan memasuki minggu tenang Jokowi melaksanakan ibadah umroh berasama keluarga. Jokowi juga bertemu ddengan Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Game of Thrones Season 8 Tayang, Ini 10 Fakta Tersembunyi yang Perlu Kamu Tahu

Posted: 14 Apr 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Game of Thrones Season 8 atau final season, akhirnya tayang di Indonesia hari ini, Senin (15/4/2019). Musim terakhir dari serial televisi ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya.

Game of Thrones adalah sebuah serial televisi drama fantasi Amerika yang dibuat oleh HBO, di produseri oleh David Benioff dan D.B. Weiss sebagai showrunner atau penulis utamanya. Game of Thrones diadaptasi dari sebuah novel serial fantasi karya George R.R. Martin yang berjudul "A Song of Ice and Fire".

Serial perdana Game of Thrones mulai tayang pada 17 April 2011 di Amerika Serikat dan saat ini sudah memasuki musim ke delapan yang mulai tayang pada 14 April 2019. Pada umumnya Game of Thrones berkisah mengenai pertentangan politik di tujuh kerajaan di sebuah benua fantasi bernama Westeros.

Game of Thrones Season 8 ini penonton juga akan kembali disuguhkan dengan cerita yang masih berkembang dari Game of Thrones. Namun bedanya di musim terakhir ini, digadang-gadang akan menjadi musim penutup dari seluruh serial Game of Thrones dan segala penjelasan akan dituangkan dalam musim ini.

Namun sebelum kamu memulai menonton Game of Thrones Season 8, kamu perlu tahu beberapa fakta unik dan menarik mengenai serial televisi ini.Berikut ini Liputan6.com sudah melansir beberapa fakta unik mengenai serial televisi Game of Thrones Season 8 dari news.com.au, Senin (15/4/2019).

Fakta Serial Televisi Game of Thrones Season 8

Game of Thrones (HBO)

1. Dilarang Tayang Militer Turki

Beberapa program televisi termasuk Game of Thrones dilarang penayangannya oleh sekolah-sekolah militer di Turki pada tahun 2014 lalu. Hal ini dilakukan karena diyakini bahwa serial Game of Thrones menjadi salah satu bentuk eksploitasi seksual, pornografi, pelecehan seksual, dan perilaku negatif lainnya yang terjadi di sekolah-sekolah militer di sana.

2. Baja Valyrian Ada di Dunia Nyata

Di Game of Thrones, pedang terbaik dibuat dari bahan super kuat yang sangat ringan dan dikenal sebagai baja Valyrian. Pedang Valyrian hanya dapat diturunkan oleh keluarga dan tidak ada yang bisa membuat pedang ini tanpa melebur yang asli.

Menariknya, sang penulis George R.R. Martin terinspirasi baja Valyrian dari dunia nyata, yakni baja Damaskus. Baja Damaskus banyak ditemukan di India dan Timur Tengah karena kualitasnya yang super kuat, super tajam dan permukaannya yang bergelombang.

Namun suhu dan teknik yang diperlukan dalam membuat baja Damaskus ini informasinya hilang di abad ke-18. Berbagai upaya dilakukan untuk meniru baja Damaskus, tetapi formula yang tepat tetap menjadi misteri abadi.

3. Night King di Novel Beda dengan di Serial

Dari novel George R.R. Martin, tokoh Night King adalah seorang legenda dari jaman dahulu kala. Ia pernah menjadi komandan perang Night's Watch dan jatuh cinta dengan seorang wanita misterius.

Wanita itu berkulit seputih bulan dan dengan mata seperti bintang biru. Namun di serial televisi Game of Thrones, Night King tidak digambarkan demikian. George R.R. Martin bahkan mengatakan bahwa karakter dari buku dan karakter dari serial televisi ini sangat berbeda.

4. Penyakit Fiksi yang Terinspirasi dari Penyakit Nyata

Dalam Game of Thrones terdapat penyakit kulit yang cukup mematikan yaitu penyakit Greyscale. Penyakit ini akan membuat kulit berubah menjadi sisik berwarna abu-abu dan tidak bisa dihilangkan atau permanen. Kemudian jika tidak ditolong maka Greyscale perlahan-lahan akan mengancurkan dan mengubah tubuh menjadi zat berwarna abu-abu dan secara keseluruhan akan merubahmu menjadi patung hidup hingga mati.

George R.R. Martin menjelaskan bahwa penyakit ini terinspirasi dari penyakit kusta pada abad pertengahan. Dulu kusta menyebabkan lesi kulit dan menyakitkan bahkan dianggap oleh kebanyakan orang karena gangguan sihir.

Fakta Serial Televisi Game of Thrones Season 8

Game of Thrones (sumber: YouTube)

5. Naskah Game of Thrones Dicuri

George R.R. Martin pada tahun 2011 pernah mengeluh di blognya bahwa seorang pekerja pos telah mencuri beberapa naskah Game of Thrones yang dikirim kepadanya. Ia meyakini bahwa amplop untuk mengirim naskah tersebut robek di salah satu ujungnya, dan ada dua skrip yang menghilang.

Kemudian Martin meminta bantuan para pembacanya untuk mencari salinan yang dicuri tersebut di situs eBay. Namun hingga saat ini skrip yang dicuri tersebut belum pernah ditemukan atau muncul.

6. Naga Terinspirasi dari Angsa dan Kucing

Menurut Pixomondo, perusahaan efek khusus yang menciptakan versi CGI dari Naga Rhaegal dan Viserion di Game of Thrones mengatakan bahwa mereka terinspirasi dari gerakan angsa. Mulai dari gerakan angsa di tanah hingga bagaimana angsa bermain dengan sayap meski tidak mampu untuk terbang.

Selain itu mereka juga menggunakan kelelawar untuk mencontoh gerakan cara terbangnya. Hingga kucing untuk menunjukkan sifat yang lembut dan jinak saat dibelai.

7. Bisa Ikut Kursus Game of Thrones di Harvard

Pengen belajar Tujuh Kerajaan seperti Samwell Tarly? Kamu bisa ambil kursusnya di Harvard University.

Perlu dicatat bahwa kursus Game of Thrones merupakan mata kuliah pengantar. Mata kuliah itu berjudul The Real Game of Thrones: Dari Mitos Modern ke Model Abad Pertengahan. Kursus Game of Thrones ini sebagai lensa untuk mengeksplorasi persepsi publik tentang sejarah abad pertengahan, dan cara budaya membingkai dan mewarnai pemahaman tentang masa lalu.

8. Cara Penyebutan Khaleesi 

Menurut David J. Peterson, ahli bahasa yang menciptakan bahasa Dothraki, High Valyrian Tinggi, dan Low Valyrian untuk pertunjukan ini, "semua orang mengucapkan Khaleesi salah".

Dalam sebuah wawancara dengan Vulture, Peterson menyalahkan Iain Glen, yang memerankan Ser Jorah Mormont, Daenerys, atas kesalahan tersebut. Tampaknya, cara Jorah mengatakan "ka-LEE-see", dengan penekanan pada suku kata kedua, tidak benar.

Pengucapan yang benar adalah "KHAH-lay-see", dengan aksen pada bagian pertama kata. Namun, semua orangtua yang menamai bayi mereka Khaleesi pada tahun 2012 tidak perlu panik.

Peterson kini mengundurkan diri karena kesalahan tersebut. "Para produser memutuskan mereka lebih menyukai cara lain," kata ahli bahasa itu.

"Mereka mungkin berpikir kebanyakan orang mengucapkannya dengan cara itu, itu benar."

Peterson, yang memperkirakan bahwa dia telah menghasilkan sekitar 4.000 kata dialek untuk bahasa Game of Thrones, juga baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia suka menyelipkan beberapa in-jokes dan referensi ke setiap bahasa yang ia ciptakan.

"Nama kucing saya adalah Keli", ia mengatakan kepada situs resmi Making of Game of Thrones HBO, "dan kata untuk 'kucing' di High Valyrian adalah 'keli'".

Fakta Serial Televisi Game of Thrones Season 8

Game of Thrones (AP)

9. Serial yang Paling Banyak Diunduh Secara Ilegal

Game of Thrones adalah serial yang banyak dibajak dan didownload secara ilegal. Menurut situs web filesharing TorrentFreak, banyak orang mengunduh Game of Thrones secara ilegal dari pada serial televisi lain di dunia.

Pada tahun 2012, pelacak BitTorrent publik menunjukkan bahwa satu episode diunduh secara ilegal sekitar 4.280.000 kali. Kemudian pada tahun 2015 pembajakan Game of Thrones meningkat 45 persen di seluruh dunia dibandingkan dengan tahun 2014. Kebocoran online ini menyebabkan HBO menjadi dirugikan sangat besar.

10. Banyak Adegan Kematian

Untuk kamu yang takut dengan hal-hal berbau kematian mungkin Game of Thrones bukanlah tayangan yang bisa kamu tonton. Sejak awal disiarkannya pada tahun 2011 lalu, menurut salah satu pembuat YouTube yang membuat kompilasi dari video adegan kematian dalam Game of Thrones, terdapat 150.966 adegan kematian. Adegan kematian ini termasuk kematian prajurit, hewan, burung, serangga, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik yang perlu kamu ketahui mengenai serial tayangan Game of Thrones. Mungkin untuk sebagian orang serial ini sangat ditunggu-tunggu akhir ceritanya. Namun untuk yang baru memulai ingin menontonnya, kamu harus lebih meluangkan waktu untuk menonton dari musim pertama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datang Lagi ke Pulau Dewata Bali, Ini Dia Keseruan Liburan Kim Kardashian

Posted: 14 Apr 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bali memang fenomenal. Tak sedikit pesohor dunia mengincar Bali sebagi destinasi favoritnya. Seperti halnya bintang televisi sekaligus pengusaha Kim Kardashian yang beberapa kali kepergok berlibur di Bali.

Bahkan baru-baru ini Kim kembali memilih Bali sebagai destinasi liburan. Hal ini terlihat dari unggahan di Instagram Story akun pribadinya. Meski belum diketahui secara pasti dimana dirinya tinggal selama berlibur, namun nuansa Pulau Dewata tampak jelas pada postingan tersebut, Sabtu, (13/4).

Dari beberapa unggahan, terlihat ibu 3 orang anak itu memvideokan suasana tempatnya menginap yang dikelilingi oleh pepohonan. Tampak pula kolam renang pribadi dengan ukuran yang cukup besar. Lalu dia juga memperlihatkan sebuah taman air mancur yang dipenuhi oleh bunga teratai.

"Cantik sekali," kata sosialita berusia 38 tahun tersebut dalam Bahasa Inggris, sambil mengabadikan gambar pemandangan hijau yang jadi latar hotelnya.

Suasana asri dan sunyi di sekitar vila tentu membuat liburan Kim semakin menyenangkan. Terlebih ia terlihat duduk di bagian luar vila mewah tersebut bersama sang suami, Kanye West sambil menikmati pemandangan alam. Kesan romantis tercipta dari kebersamaan tersebut.

Tak berhenti sampai di situ. Dalam cuplikan video lain, Kim tampak mengunjungi kebun binatang. Dia terlihat membagikan gambar beberapa ekor gajah yang terlihat dari kejauhan. Bahkan, kakak dari Khloe Kardashian itu berkesempatan berinteraksi langsung dengan gajah yang dipanggilnya sebagai 'cutie' dan memberinya makan.

Bukan itu saja, Kim pun mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pemandu wisata yang telah menemaninya. Bahkan dirinya mengunggah foto bersama pemandu yang bernama Wayan itu. Hal ini dikarenakan kemampuan pemandu menerjemahkan bahasa yang baik. Di sisi lain, ia juga berkesempatan melihat tarian Bali secara langsung dalam jarak dekat.

Boleh dibilang Kim begitu keranjingan mengunjungi Bali. Kim sebelumnya juga pernah mengunjungi Bali bersama Kourtney dan Khloe Kardashian pada Oktober silam. Momen liburan Kardashian bersaudara itu rencananya akan ditayangkan di program TV mereka, Keeping Up with the Kardashians dalam waktu dekat.

"Had to come back to Bali right before our KUWTK (Keeping Up with the Kardashians), Bali episode airs," katanya dalam salah satu unggahan.

Dengan segala pesonanya, tak salah jika Bali menjadi selalu terpilih sebagai salah satu destinasi terbaik dunia. Bali masih menjadi sasaran empuk wisatawan untuk berlibur. Makanya tak sedikit pesohor dunia yang ikut menginjakkan kakinya disana.

Selain itu Bali merupakan destinasi wisata ramah wisatawan di dunia. Bahkan Bali begitu sukses menggelar penyelenggaraan Annual Meeting (AM) IMF-WB 2018. Belum lagi puluhan penghargaan dunia yang telah diterima Bali.

"Bali ini banyak menerima penghargaan dari berbagai lembaga kredibel dunia. Hal ini menunjukan betapa berkualitasnya Bali dari berbagai aspek. Sehingga wajar jika Bali selalu menjadi destinasi favorit wisatawan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya ketika ditanya mengenai liburan Kim Kardashian di Bali.

Menpar mengatakan, kunjungan keluarga Kardashian ke Bali tentu memiliki efek branding yang signifikan. Apa lagi mereka memposting kunjungannya tersebut di media sosial. Tanpa basa-basi mereka berbagi liburannya dengan jutaan followernya dari seluruh dunia. Dan inilah yang menjadi pesan viral yang membuat penasaran orang untuk datang ke Bali.

"Ini tentu memiliki efek branding tersendiri karena mereka sekeluarga merupakan selebritis international. Efeknya nama Bali makin nge-hits lagi. Membuat para followernya penasaran dan ingin berlibur ke Bali. Belum lagi jika momen liburan tersebut telah tayang di TV," ujar Menpar.

Mempar menambahkan, segala kelebihan yang dimiliki Bali harus bisa dimaksimalkan. Bukan saja sebagai pintu masuk utama wisman ke Indonesia, sekaligus pintu masuk untuk mempromosikan destinasi lain di Indonesia.

"Bali itu selalu luar biasa, sudah pasti keren. Itu sudah tidak terbantahkan. Namun, Indonesia juga memiliki destinasi 10 Bali Baru yang tidak kalah eksotisnya. Aspek 3A-nya juga terbaik dengan pesona yang tak kalah cantiknya dengan Bali. Itu yang harus kita maksimalkan. Kalu kata pepatah, sekali dayung dua, tiga pulau terlampaui," ujar Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Heboh Publik, Brand Mewah Diklaim Plagiat Desain Busana Suku Pedalaman di Laos

Posted: 14 Apr 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah grup asal Laos mengklaim brand mewah asal Italia, MaxMara, telah dengan sengaja meniru desain salah satu suku lokal, Oma, tanpa kompensasi, bahkan tak menyertakan nama komuniti tersebut.

Dilansir dari Buzzfeed, Senin (15/4/2019), Oma adalah suku kecil di utara Laos, di mana beberapa di antaranya juga diketahui berada di barat laut Vietnam dan bagian selatan Tiongkok.

Diestimasikan, terdapat tak lebih dari dua ribu warga suku Oma yang tinggal di Laos. Salah satu suku pedalaman ini dikenal lewat kecantikan busana dengan desain nan khas berhias wara-warna kontras membentuk pola cantik.

Desain busana unik ini, dikatakan Traditional Arts and Ethnology Centre (TAEC), telah digunakan MaxMara sebagai rancangan produk mereka. Grup yang berlokasi di Luang Prabang, Laos, ini merupakan organisasi yang membantu seniman lokal, termasuk warga suku Oma, menjual hasil karyanya.

"Selama beberapa tahun belakangan, perempuan Oma telah mulai mendapatkan pemasukan dari menjual kerajinan tangan hasil karya mereka. Bagi warga kecil seperti Oma, hal ini sangat penting untuk meningkatkan nutrisi, kesehatan, dan pendidikan bagi keluarga mereka," kata Tara Gujadhur selaku Co-Director TAEC.

Hal itulah yang membuat TAEC sangat menyayangkan tindakan diklaim plagiat yang dilakukan pihak MaxMara. Kemiripan desain dengan busana suku pedalaman di Laos ini pun diperlihatkan lewat sederet foto yang diunggah pihak TAEC di akun media sosial mereka.

MaxMara Tak Menjual Produk dengan Harga Murah

Rancangan gaun dari brand Max Mara yang disebut curi desain busana suku pedalaman di Laos. (dok. Instagram @taeclaos/https://www.instagram.com/p/BwA8wEJJqdC/)

Dilansir dari situs resmi MaxMara, Senin (15/4/2019), busana MaxMara sebagai salah satu barang branded tak dilepas ke publik dengan harga murah. Gaun yang diklaim TAEC plagiat saja dipasarkan dengan harga 700 dolar Amerika atau setara Rp 9,8 juta.

"Mari kita sama-sama simak, desain-desain ini tidak menerterakan 'terinspirasi dari' atau 'merepresentasi dari' motif buatan suku Oma. Mereka plagiat. Warna, komposisi, motif, semua sama persis," tulis pihak TAEC di unggahan di akun Facebook mereka, beberapa waktu lalu.

Sampai sekarang, belum ada statement dari pihak MaxMara yang mengonfirmasi tuduhan tersebut. Desainer yang merancang busana tersebut memilih diam seribu bahasa, tidak memberi komentar akan protes yang dilayangkan.

Di sisi lain, TAEC meminta pihak MaxMara untuk mengkaji ulang desain tersebut dan mendonasikan sebagian penghasilan pada organisasi yang mengadvokasi hak-hak suku minoritas dan berkomitmen untuk tak pernah lagi melakukan plagiat desain.

Timbulkan Reaksi Publik

Rancangan gaun dari brand Max Mara yang disebut curi desain busana suku pedalaman di Laos. (dok. Instagram @taeclaos/https://www.instagram.com/p/BwA77PnJbJ2/)

Aksi protes yang dlayangkan pihak TAEC turut membuat warganet turut memberi respons. Lewat deretan komentar di akun Facebook, maupun Instagram TAEC, banyak di antara mereka mengecam apa yang dilakukan MaxMara.

"Apa-apaan ini? MaxMara sudah seharusnya memberi penjelasan atas hal ini sesegera mungkin," tulis salah satu netter. "Apa yang dilakukan harus dipertanggung jawabkan. Harusnya ada komentar dari pihak MaxMara," sambung yang lain.

Komentar-komentar ini pun tak segan me-mention akun MaxMara dalam setiap tanggapan yang diberikan. Kendati sudah sebegitu heboh, tetap belum ada komentar apapun yang dilayangkan pihak MaxMara.

Hal ini membuat publik geram dan akhirnya melancarkan tuduhan-tuduhan tajam pada brand mewah asal Italia tersebut. "Kalau sudah semirip ini, pantas saja tuan dan nyonya Italia itu bungkam saja," sindir salah satu warganet.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siswi SMP Korban Penganiayaan di Pontianak Dibolehkan Pulang

Posted: 14 Apr 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Korban perundungan AU dinyatakan sehat oleh pihak Rumah Sakit Pro Medika, Pontianak, Kalimantan Barat, dan diperbolehkan pulang.

Menurut salah satu perawat rumah sakit, AU telah keluar pada Jumat, 12 April 2019, pukul 20.00 WIB dengan didampingi keluarganya. Namun, saat diperiksa di kediamannya di Komplek Mitra Utama 2, Pontianak, ternyata masih dalam keadaan kosong.

"Dia nggak pulang ke sini, dengar dari informasi katanya pulang ke rumah neneknya," kata Bambang, Ketua RT setempat, seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Senin (15/4/2019).

Sementara itu, berkas kasus penganiayaan terhadap AU telah diserahkan penyidik Polresta Pontianak ke Kejaksaan Negeri Pontianak.

"Berkas perkara sudah kita kirimkan, kita harap jaksa secepatnya bisa memberi jawaban apakah itu lengkap atau tidak," jelas Kabid Humas Polda Kalbar AKBP Charles Doni Go.

Saat ini tiga tersangka kasus penganiayaan belum ditahan oleh pihak kepolisian karena masih menunggu laporan pemberkasan dari jaksa penyidik Kejari Pontianak.

Upaya diversi atau pengalihan penyelesaian perkara sudah dilakukan oleh kuasa hukum kedua belah pihak. Namun, gagal mencapai kesepakatan karena kuasa hukum AU bersikeras melanjutkan proses hukum kasus tersebut hingga peradilan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Kamuflase, Ini Wujud Honda Jazz Terbaru

Posted: 14 Apr 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Generasi terbaru mobil pabrikan Jepang, Honda Jazz menyita perhatian setelah beberapa kali tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di Eropa.

Meskipun kamuflase menutupi seluruh bodi mobil, Honda Jazz terbaru disebut tampil lebih ramping. Tak hanya itu, mobil generasi keempat tersebut juga diklaim lebih sporty dibandingkan model sebelumnya.

Melihat hal itu, seorang seniman asal Brazil, Kleber Silva membayangkan bagaimana tampilan Honda Jazz terbaru tanpa kamuflase seperti dilansir Carscoops, Senin (15/4/2019).

Terlihat dari foto yang beredar, mobil di segmen hatchback tersebut memiliki perubahan pada bentuk lampu depan.

Selain itu, kaca yang disematkan pada mobil tampak lebih kecil. Meskipun belum ada kepastian wujud Honda Jazz tanpa kamuflase, bagian belakang mobil dinilai jauh dari foto spy shoot yang beredar belakangan ini.

Selanjutnya

Sebagai informasi, all new Honda Jazz dipastikan menggunakan platform baru, yang juga dipakai oleh all new Honda City.

Itu artinya, Honda Jazz akan memiliki panjang di bawah 4 meter. Mesinnya dikabarkan akan memiliki dua pilihan, bensin dan hybrid.

Penampakan Interior Honda Jazz Terbaru

Penampakan interior Honda Jazz terbaru. (Carscoops)

Seperti terlihat pada spy shot saat All New Honda Jazz diuji jalan di Eropa. Interiornya yang terlihat tak terlalu jelas, juga sepertinya mendapatkan ubahan.

Melansir Carscoops, All New Honda Jazz dibekali setir baru, kluster instrumen baru, dan sistem infotainment yang lebih modern dengan bingkai metalik. Juga terlihat adanya tiga kenop yang sepertinya untuk climate control system.

Sedangkan eksteriornya akan lebih ekspresif. Seperti headlight besar, dua bilag gril baru, air intake besar dan lebih lebar, serta adanya roof rail.

Selain itu, pilar A Honda Jazz terbaru ini terlihat lebih besar. Hal itu bisa membantu meningkatkan visibilitas pengendara.

Desain bagian belakang All New Honda Jazz lebih mengkurva. Ada ail lamp baru yang membuat buritan generasi baru Jazz itu makin menarik. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool vs Chelsea: Kembali ke Puncak Klasemen, The Reds Harus Waspadai Man City

Posted: 14 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liverpool tampil gemilang saat menjamu Chelsea di lanjutan Liga Inggris, Minggu (14/4). The Reds sukses menekuk laga kemenangan 2-0.

Gol pertama Liverpool pun lahir pada menit ke-51 melalui Sadio Mane. Mane sukses menyambar umpan lambung dari Henderson melalui tandukan kencang di tiang jauh, yang membuat Kepa tidak mampu menjangkau bola.

Sedangkan gol kedua, dicetak dengan indah oleh Mohamed Salah. Dia melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti menghujam masuk ke pojok kanan atas gawang The Blues.

Dengan kemenangan ini, Liverpool pun kembali ke puncak klasemen Liga Inggris. Kini, The Reds mengoleksi 85 poin dari 34 pertandingan.

Mereka unggul dua poin dari Manchester City yang berada di posisi kedua. Namun, City masih berpeluang menyalip Liverpool karena masih punya satu pertandingan lebih banyak.

Diganggu Liga Champions

Selanjutnya, Liverpool sendiri akan menghadapi Cardiff City, pekan depan. Namun, tengah pekan ini, mereka harus terlebih dahulu meladeni tantangan klub Portugal, FC Porto di Liga Champions.

Di sisi lain, Man City akan menghadapi klub yang sama di dua laga berturut-turut di Liga Champions dan Liga Inggris. Mereka akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Jam Tangan Seharga Rp 12 Miliar, Remaja Ini Bikin Sobat Miskin Iri

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kalian para pengguna media sosial tentu tahu bahwa beberapa saat lalu sempat viral video dengan judul 'berapa harga outfit lo?' Pada video yang diunggah akun Youtube Yoshiolo itu, beberapa anak muda diwawancarai tentang harga fashion yang mereka kenakan dari ujung kepala hingga kaki.

Yang membuat video tersebut mencuri perhatian warganet yakni sejumlah remaja yang diwawancarai mengenakan outfit dengan harga fantastis. Kebanyakan outfit yang digunakan berharga mulai dari puluhan bahkan hingga ratusan juta.

Baru-baru ini akun tersebut kembali mengunggah video yang membuat warganet tercengang. Pada video tersebut, Yoshiolo mewanwancarai seorang remaja berjaket kuning yang hadir dalam sebuah pameran sneaker di Jakarta.

foto: Youtube Yoshiolo

Awalnya Jason menyebutkan rincian harga outfitnya mulai dari jaket, sepatu, celana dan cincin dengan kisaran harga puluhan juta. Namun, yang paling mencengangkan ketika dirinya menyebutkan harga jam tangan merk Richard Mille seharga Rp 12 M.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tuai Beragam Komentar

foto: Youtube Yoshiolo

Cuplikan video yang diunggah ulang akun Twitter @ardibrilian tersebut tentu mencuri perhatian warganet dan menuai beragam komentar. Tak sedikit warganet yang mengaku iri namun tak jarang pula yang memberikan komentar kocak.

"Dia suka makan mi instan pake nasi ga ya?" tanya akun @Michael_Delau.

"Gilak, apalah dayaku yang di depan fotokopian ga turun motor biar ga bayar parkir," komentar akun @OraPenting_.

"12 miliar gw bikin kontrakan semi komplek elite borrr," timpal @ipansokocont.

Sementara akun @remahpeyek berkomentar, "Jiwa miskinku menjerit meronta-ronta ingin pindah raga."

"Kalo diculik nih nggak perlu minta uang tebusan," tambah @VRNNDW_.

Palsu?

foto: Youtube Yoshiolo

Belum reda kehebohan jam tangan berharga fantastis tersebut, muncul beberapa warganet yang mengatakan bahwa jam tangan tersebut adalah palsu. Hal ini seperti yang diungkapkan akun @indah_chaaan, yang mengatakan ada kejanggalan dalam foto jam tersebut.

"Lagi rame banget konten harga outfit yang sampe 12M itu sampai trending. Tapi ada yang ngejanggal bgt lho. Aku mencoba cari tahu dan dpt info dari anak" hypebeast yang lain ttg bedain barang 'FAKE'."

Dia kemudian mengunggah foto perbedaan jam tangan yang asli dengan palsu.

 

Meski begitu, hingga kini belum ada keterangan lebih lanjut dari Jason yang sempat membuat heboh warganet. Kalau menurut kalian gimana nih? 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada Ancaman Malware di Season Terakhir Game of Thrones

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Season terakhir serial Game of Thrones sudah tayang mulai hari ini, Senin (15/4/2019) secara global, termasuk di Indonesia. Di musim terakhir ini biasanya dijadikan kesempatan oleh hacker jahat untuk menyebar malware.

Malware umumnya disebar ke sejumlah saluran ilegal, seperti pelacak torrent dan platform streaming ilegal. Maka dari itu, jangan sekali-kali mengunduh serial tersebut di sumber yang tak resmi.

Tidak seperti sumber yang resmi, pelacak torrent dan file yang di-hosting dapat mengirimkan file layaknya terlihat seperti episode serial televisi, namun kenyataan sebenarnya adalah malware dengan menggunakan nama mirip.

Betapa mudahnya serial televisi diunduh dari sumber ilegal yang dapat diganti dengan versi pembawa malware, peneliti Kaspersky Lab melihat lebih dekat pada file yang dikompromikan, termasuk dalam rangkuman ini adalah pada tahun 2017 dan 2018.

Serial TV yang menempati urutan teratas pada kedua tahun tersebut adalah Game of Thrones.

Pada 2018, Game of Thrones telah menyumbang 17 persen dari semua konten bajakan yang terinfeksi, dengan 20.934 pengguna yang terkena serangan, kemudian diikuti oleh The Walking Dead dengan 18.794 dan Arrow dengan 12.163.

Episode Terakhir Menarik Perhatian

Aktor Kit Harington di serial Game of Thrones. (HBO)

Ini terlepas dari kenyataan bahwa pada tahun 2018, tidak ada episode baru Game of Thrones dirilis, sementara serial lain yang berada dalam peringkat didukung oleh promosi dan kampanye high profile.

Dalam setiap kasus yang diamati, distributor malware memilih untuk episode pertama dan terakhir dari setiap musim, dengan episode peluncuran adalah yang paling aktif digunakan. Misalnya, episode Game of Throne's "The winter is coming" di Season 1.

"Kita dapat melihat dengan jelas bahwa distributor malware mengeksploitasi serial televisi yang sangat diminati pada situs web bajakan. Paling diminati biasanya drama atau serial aksi yang dipromosikan secara aktif," kata Anton V. Ivanov, peneliti keamanan di Kaspersky Lab melalui keterangannya.

"Episode pertama dan terakhir, yang menarik perhatian sebagian besar penonton cenderung berisiko besar melakukan serangan spoofing berbahaya. Pelaku kejahatan siber cenderung mengeksploitasi kesetiaan dan ketidaksabaran penonton, jadi sebuah materi baru yang datang dari sebuah produk menjanjikan dan paling ditunggu untuk diunduh faktanya menjadi salah satu ancaman dunia maya," sambungnya.

Perlu diingat bahwa musim terakhir Game of Thrones dimulai bulan ini, Kaspersky Lab ingin memperingatkan pengguna bahwa sangat mungkin untuk terjadi lonjakan jumlah malware yang disamarkan sebagai episode baru dari serial ini.

Tips Mencegah Malware

Malware. Foto: codepolitan

Untuk menghindari menjadi korban program berbahaya yang menyamar sebagai serial televisi, Kaspersky Lab merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

- Hanya menggunakan layanan sah dengan reputasi terbaik yang terbukti untuk memproduksi dan mendistribusikan konten TV.

- Perhatikan ekstensi file yang diunduh. Bahkan jika Anda akan mengunduh episode serial TV dari sumber yang Anda anggap tepercaya dan sah, file tersebut harus memiliki ekstensi .avi, .mkv, mp4 atau lainnya, namun jelas bukan .exe.

- Berikan perhatian ekstra pada keaslian situs web. Jangan mengunjungi situs web yang memungkinkan untuk menonton serial TV sampai Anda yakin itu sah dan mulailah dengan 'https'. Periksa apakah situs web tersebut asli, dengan memeriksa ulang format URL atau ejaan nama perusahaan, sebelum memulai unduhan.

- Jangan mengklik tautan yang mencurigakan, seperti yang menjanjikan untuk menonton episode baru lebih awal; periksa jadwal serial TV dan memantaunya dengan baik.

- Gunakan solusi keamanan yang andal untuk perlindungan komprehensif dari berbagai ancaman, seperti Kaspersky Security Cloud.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Necis Anggota TNI Berjualan Bakso Sukses Bikin Emak-Emak Tersirep

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Berpenampilan menarik kini tidak hanya menjadi perhatian para artis, penyanyi, dan model ternama, tetapi juga tukang bakso. Dia lah Malik Al Fattaah, penjual bakso di Jalan Raya Setu Serang, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Pria bertubuh atletis ini sangat memperhatikan penampilannya. Dengan gaya necis dan senyum ramah, dia melayani pelanggannya. Tentu inilah yang menjadi daya tarik dan nilai tambah bakso dagangan Malik.

 

Penampilan stylish dan keramahannya membuat pelanggan, khususnya kaum hawa betah makan bakso di kedai milik Malik. Tidak jarang juga, Malik menjadi sasaran swafoto para pelanggan, bahkan ada juga pelanggan yang meminta nomor telepon genggamnya.

"Kadang saat saya menawarkan menu ada pelanggan wanita suka bengong. Tapi semua itu saya lakukan secara profesional sebagai pedagang bakso," terang bapak dua orang anak ini, akhir pekan lalu.

Selain berjualan bakso, pria kelahiran 1976 ini ternyata masih aktif sebagai anggota TNI Angkatan Laut berpangkat mayor. Meski memiliki usaha sampingan, tetapi hal itu tidak sampai menggangu aktivitasnya sebagai prajurit TNI.

"Saya hanya ikut melayani pelanggan di saat libur kerja atau pulang kerja. Selebihnya ada orang kepercayaan yang mengurusinya," kata dia.

 

Hobi Memasak

Malik Al Fattaah, penjual bakso di Jalan Raya Setu Serang, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Alasan Malik berjualan bakso karena selain mencari tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, juga untuk penyaluran hobi memasak.

"Prinsip saya hidup adalah pilihan, termasuk menjadi prajurit TNI harus siap hidup sederhana dan tidak boleh korupsi. Bila ingin hidup layak harus pandai-pandai memanfatkan waktu luang untuk mencari tambahan rezeki," dia menerangkan.

Malik mengaku merintis usahanya sejak akhir tahun 2010. Berawal dari bakso biasa hingga kini berhasil menciptakan bakso dengan varian berbeda, yakni bakso rendang dan bakso konro, bakso sate, dan burger bakso.

"Untuk satu porsi bakso rendang dan bakso konro bisa dimakan oleh dua orang. Untuk hargannya terjangkau kantong loh Rp35 ribu per porsi," ucap dia.

Kini, ia memiliki angan-angan produknya yang diberi label "Bakso Ngangenin" ini menjadi salah satu pioner kuliner Indonesia dan menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. "Harapan ke depannya lagi bisa go internasional," dia mengharapkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menabung dan Investasi, Awas Jangan Salah Pilih

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - YESSSS…!! Akhirnya semua kampanye selesai sudah. Sejak Minggu 14 April kemarin, Indonesia memasuki masa tenang sebelum akhirnya Pemilu dilakukan 17 April.

Biarpun cuma sebentar, tapi yang namanya masa tenang ini penting supaya suasana tegang karena kampanye bisa turun tensinya.

Ya, di media cetak, elektronik, bahkan sampai media sosial, semuanya dipenuhi berita dan obrolan tentang Pemilu yang- walaupun ada juga Pemilu Legislatif, tapi serunya masih kalah dengan Pemilu Presiden.

Sejujurnya saya sendiri sudah sangat jenuh melihat terlalu banyaknya pendukung dari masing-masing pasangan calon peserta pemilu presiden saling menjatuhkan satu sama lain di media sosial.

Itu setiap hari lho selama beberapa bulan terakhir. Semua itu, bagi mereka yang memposting di media sosial - ujung-ujungnya ya untuk mempengaruhi Anda dalam memilih.

Tanpa Anda sadari - pilihan Anda akan berpengaruh pada konsekuensi apa yang akan Anda terima setelah itu. Jadi kalau Anda salah pilih, yaaa masa depan bangsa ini yang dipertaruhkan.

Nah, dalam keuangan, disadari atau tidak, sebetulnya semua yang kita lakukan juga adalah pilihan.

Oke, waktu lulus sekolah, Anda sudah dihadapkan pada pilihan akan terjun ke profesi macam apa yang akan Anda jalani, seperti apakah Anda akan bekerja sebagai karyawan, pekerja mandiri, atau buka usaha sendiri.

Apapun yang Anda pilih, ujung-ujungnya nanti akan berpengaruh kepada seberapa besar penghasilan yang akan Anda terima.

Akan tetapi, pemilihan yang Anda lakukan tidak selesai sampai di situ. Pada saat menerima penghasilan, Anda dihadapkan lagi pada pilihan untuk menghabiskan penghasilan tersebut buat membayar pengeluaran atau menabungkannya sebagian sebelum membayar pengeluaran Anda yang lain.

Kalau dihabiskan semua untuk bayar pengeluaran, maka kebutuhan Anda terbayar. Akan tetapi, kalau ada yang Anda tabung, uang untuk membayar kebutuhan jelas jadi berkurang sehingga otomatis ada pos-pos yang harus dihemat.

Selesai? Belumlah. Waktu menyisihkan uang untuk ditabung, Anda dihadapkan pada pilihan untuk menaruhnya di tabungan di bank atau dibelikan produk investasi lain.

Kalau masuk ke tabungan, Anda bisa akses kapanpun, tapi ya hasil investasinya kecil. Kalau dibelikan Emas, Anda enggak akan mudah menjualnya kembali, tapi hasil investasinya mungkin lumayan. Kalau beli saham atau reksa dana, hasilnya bisa lebih besar, tapi potensi risikonya juga lebih besar.

Eits, ini masih belum selesai juga. Waktu punya uang dan Anda ingin menggunakannya untuk beli baju, Anda dihadapkan pada berbagai macam merek busana.

Beda merek, beda kualitas. Ada merek yang harganya murah, tapi kualitasnya terkenal jelek. Ada merek yang harganya lebih mahal, tapi kualitasnya lebih baik.

Ada merek yang mahal sekali, tapi kualitasnya sangat baik. Makin baik kualitasnya, makin beda Anda terlihat. Waktu anak Anda besar dan harus masuk sekolah, Anda dihadapkan lagi pada pilihan sekolah mana yang sebaiknya dia masuki. Beda sekolah, beda kualitas.

Contoh-contoh di atas tidak akan pernah selesai kalau saya teruskan. Sama seperti hidup yang penuh dengan pilihan, kehidupan keuangan kita juga penuh dengan pilihan.

Bahkan setiap hari kita harus memilih: barang apa yang akan kita beli, investasi apa yang akan kita lakukan, profesi apa yang akan kita tekuni, bank mana yang baiknya kita pilih, asuransi apa yang baiknya kita ambil, kendaraan apa yang baiknya kita beli, saham apa yang sebaiknya kita pilih, reksadana apa yang sebaiknya kita masuk, dan seterusnya.

 

 

1. Miliki Banyak Pilihan

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Pilihan-pilihan tersebut datang setiap hari di depan mata kita. Dan - disadari atau tidak - apapun pilihan Anda, akan berpengaruh kepada kualitas hasil akhir yang akan Anda dapatkan. Sama seperti Anda memilih Presiden: siapapun yang Anda pilih, akan berpengaruh pada seperti apa hasil pembangunan di negeri ini nantinya.

Jadi kesimpulannya: jangan salah pilih. Karena kalau Anda salah pilih - terutama dalam hal keuangan - bisa berpengaruh pada hasil akhir yang Anda dapatkan.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya supaya tidak salah pilih?

1. Miliki Banyak Pilihan

Ketika tiba-tiba dihadapkan pada sebuah pilihan, apapun itu, saya selalu ingin memastikan kalau saya punya lebih dari satu pilihan. Oke, katakan Anda butuh membeli satu kemeja kerja.

Anda pergi ke mal. Kemudian Anda melihat ada satu toko, dan Anda lalu masuk ke dalam. Ketemu satu kemeja bagus. Apa yang Anda lakukan? Anda taruh lagi, dan melihat-lihat lagi di rak yang lain, mudah-mudahan ada lagi kemeja lain yang bagus. Katakan saja ada.

Bagus, berarti di toko itu ada dua kemeja. Kemudian, kalau Anda ingin menambah pilihan, ya sudah jangan beli dulu. Keluar dari toko, cari toko lain, dan lihat apakah ada kemeja lain yang juga bisa jadi pilihan.

Makin banyak pilihan, akan makin bagus buat Anda. Yang menarik, seringkali orang malas mencari pilihan yang lain karena menghabiskan waktu. Yang saya ingin katakan adalah, usahakan Anda punya lebih banyak pilihan.

Memang perlu waktu untuk bisa tahu alternatif pilihan yang lain. Tapi jangan lupa, ini uang Anda. Jadi pastikan uang Anda bisa bermanfaat semaksimal mungkin buat kesejahteraan Anda.

Dengan punya lebih banyak pilihan, maka Anda bisa memperbesar kemungkinan untuk tidak salah pilih. Miliki banyak pilihan.

 

2. Lihat Tujuan Awal

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

2. Lihat Tujuan Awal

Setelah Anda punya banyak pilihan, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah dengan melihat kembali Tujuan Awal Anda.

Dalam contoh di atas, apa tujuan awal Anda cari kemeja? Menahan dingin? Pelindung hujan? Atau cuma buat gaya? Yang menarik, banyak orang dihadapkan pada pilihan, tapi karena dia tidak tahu apa tujuan awal kenapa dia harus memilih, maka seringkali dia bingung harus pilih yang mana.

Kalaupun dia memilih, seringkali pilihannya lebih karena dipengaruhi oleh faktor lain yang kadang nggak ada hubungannya. Keluar sebentar dari topik keuangan, dalam konteks Pemilu nanti misalnya, banyak orang dihadapkan dengan pilihan pasangan calon presiden, tapi karena mereka lupa apa tujuan awal memilih Pemimpin Negara, maka mereka bingung mau pilih siapa.

Atau, kalaupun memilih, seringkali pilihannya lebih karena dipengaruhi oleh orang lain, baik lewat omongan atau terpengaruh berita hoax atau isu tentang betapa jeleknya calon yang lain.

Akhirnya pilihannya yang tidak sesuai tujuan. Bagaimana mau sesuai tujuan wong kadang Tujuan Awalnya saja nggak ngerti? Jadi pastikan Anda mengerti apa tujuan awal Anda setiap kali dihadapkan pada pilihan apapun dalam hidup, terutama keuangan. Makin banyak pilihan, makin Anda harus pastikan bahwa Anda memang punya tujuan awal.

 

 

3. Pilih Sesuai Tujuan

Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

3. Pilih sesuai Tujuan

Setelah melihat tujuan awal Anda, jelas akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih dari sekian banyak pilihan yang ada.

Kalau Anda punya lima pilihan kemeja di toko yang berbeda, dan Anda menyadari tujuan awal Anda adalah mencari kemeja yang memang untuk kerja, ya ini berarti Anda tinggal cari kemeeja yang memang sesuai tujuan awal Anda, yaitu kemeja dengan lengan yang tidak terlalu pendek, lebih bagus lagi kalau lengan panjang, dan kalau bisa dengan motif polos misalnya. Di luar itu ya jangan diambil.

Pertanyaannya, bagaimana kalau ada beberapa kemeja yang pas dengan Tujuan Awal Anda, tapi warnanya beda-beda? Jawabannya, ya sesuaikan lagi dengan kebijakan di tempat kerja Anda, misalnya warnanya harus konservatif ataukah boleh yang agak menyolok? Tinggal sesuaikan.

Kalau dua-duanya dibolehkan, ya berarti baru deh cari yang sesuai dengan keinginan Anda, dan kantong Anda. Jadi, lihat kan, menetapkan pilihan akan lebih mudah kalau Anda sadar apa Tujuan Awal Anda.

Jadi, sekarang Anda sudah lihat tidak hanya dalam Pemilu saja kita memilih, tapi sehari-haripun kita selalu dihadapkan pada pilihan, dan pilihan apa yang Anda pilih semuanya akan sangat menentukan akan jadi seperti apa kondisi keuangan Anda nantinya. Bukan begitu?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Misi Berat Arsenal di Markas Watford

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Arsenal akan melakoni laga wajib menang di Vicarage Road saat menantang tuan rumah, Watford dalam lanjutan Liga Inggris, Selasa (16/4/2019) dini hari WIB. Pasukan Unai Emery harus menang jika ingin menjaga peluang finis di empat besar.

Laga ini boleh jadi kesempatan emas Arsenal untuk merapatkan jarak. Pasalnya, Chelsea yang saat ini menghuni peringkat keempat, baru saja digebuk Liverpool 0-2.

Arsenal saat ini mengemas 63 poin, tertinggal tiga poin dari Chelsea. Mereka juga masih punya tabungan dua pertandingan lebih banyak dari The Blues.

Di atas kertas, tim berjuluk Meriam London ini seharusnya bisa menang atas Watford. Namun Arsenal dibayangi rekor buruk saat laga tandang.

Dari enam laga tandang terakhir di Liga Inggris, Arsenal hanya menang satu kali. Sisanya, Mesut Ozil dan kawan-kawan takluk empat kali dan imbang sekali.

Jadwal Liga Inggris

Arsenal akan meladeni tuan rumah Watford dalam lanjutan Liga Inggris (AP Photo / Alastair Grant)

Selasa (16/4/2019)

02:00 WIB, Watford vs Arsenal

 

5 Laga terakhir Watford

Manchester City 3-1 Watford

Watford 2-1 Crystal Palace

Manchester United 2-1 Watford

Watford 4-1 Fulham

Watford 3-2 Wolverhampton

 

5 Laga terakhir Arsenal

Arsenal 2-0 Manchester United

Arsenal 3-0 Rennes

Arsenal 2-0 Newcastle United

Everton 1-0 Arsenal

Arsenal 2-0 Napoli

 

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gunakan Sepatu Roda, Pelayan di Restoran Ini Skill-nya Keren Banget

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap profesi di bidang pekerjaan apapun, kebanyakan membutuhkan keahlian yang dapat mendukung pekerjaannya. Maka dari itu, banyak orang yang mencari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Dengan memiliki keahlian tertentu, dapat menunjang menjalankan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Tak heran jika banyak penyedia lapangan pekerjaan yang mencantumkan keahlian khusus yang harus dimiliki pada calon karyawannya.

Tak hanya karyawan kantoran yang harus memiliki keahlian atau skill yang baik, tetapi juga profesi sebagai pelayan restoran. Seperti yang terjadi di sebuah restoran di Tiongkok.

Pelayannya Gunakan Sepatu Roda untuk Melayani Pelanggan

Jika sebagian orang bermain sepatu roda di jalanan beraspal, tidak dengan para pelayan di restoran ini. Dilansir dari akun media sosial Twitter @suckceedtv oleh Liputan6.com, Senin (15/4/2019) sebuah restoran di Tiongkok memiliki pelayanan yang unik.

Sebuah restoran yang diketahui di daerah Fu Lin, Tiongkok ini menampakkan pelayannya yang menggunkaan sepatu roda dalam bekerja. Semua pekerjanya menggunakan sepatu roda saat mengantar makanan maupun saat hendak membersihkan meja.

Tak jarang para pelayan ini menunjukkan skill-nya yang keren abanget. Terlebih ketika hendak berhenti dan menghindari orang lain. Para peleyan ini seolah tak mengalami kesulitan dalam mengendalikan sepatu beroda tersebut di lantai restoran yang tampak licin.

Reaksi Netizen yang Kagum

Video yang berdurasi sekitar 1 menit 28 detik tersebut telah ditonton sebanyak 137 ribu pengguna akun Twitter lainnya.

Tak hanya menjadi tontonan, para netizen juga meninggalkan berbagai komentar yang memenuhi kolom komentar @suckceedtv. Berbagai pendapat ditujukan bagaimana kagumnya melihat para pelayan restoran tersebut.

"gw pake sendal swa*llow aja ksandung berikil b***t", tulis komentar dari @UulRahman2.

"ratatouille real life episode 1," ujar @abdhulsh.

"Gw yg bawa goblet make tray aja degdegan klo goyang2, lah ini?" timpal @rahmamp__

"Boleh lah, besok kalo resepsi di kampung, suruh pake beginian... Wkwk" komentar @nz_adzkiya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Season 8 Tayang, Game of Thrones Jadi Trending Topic Teratas di Indonesia

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial dibuat heboh dengan penayangan episode pertama Game of Thrones Season 8 di HBO pada Senin (15/4/2019) pukul 08.00 WIB.

Tentunya, beberapa momen mengharukan serta intrik kembali mewarnai serial ini. Alhasil, warganet pun banyak yang membahas momen-momen seru dan tak terlupakan dalam Game of Thrones Season 8 saat membuka media sosial. Tak terkecuali para pengguna Twitter.

Melihat halaman utama Twitter, penayangan Game of Thrones Season 8 sukses membuat tagar #GameofThrones masuk ke dalam posisi pertama trending topic di Indonesia.

 

Nomer Satu Dunia

Game of Thrones (AP)

Tak cuma di Indonesia. Tagar #GameofThrones juga menjadi trending topic nomor satu dunia. Bahkan, empat trending topic di bawahnya pun berkaitan dengan serial ini: #GOT8, Sansa, Daenerys, dan #JonSnow.

Episode pertama Game of Thrones Season 8 telah tayang di HBO pada Senin (15/4/2019) pukul 08.00 WIB. Deretan intrik dan kejutan kembali mewarnai serial yang mengudara sejak 2011 ini.

Bagi yang melewatkan penayangan perdana serial HBO ini, bisa menyaksikannya kembali pada pukul 9 malam nanti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kanker Darah Tidak Halangi Ani Yudhoyono Mencoblos di Pilpres 2019

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan ibu negara Ani Yudhoyono tetap mengikuti pemilihan umum meski sedang dirawat karena kanker darah. Pencoblosan tetap dilakukan walau dirinya harus memilih di atas ranjang.

Dalam unggahan di Instagramnya pada Minggu kemarin, terlihat bahwa Ani Yudhoyono menunjukkan surat suara beserta sebuah kotak suara yang diletakkan di dekat tempat tidurnya.

Terlihat bersama dirinya, sang suami dan mantan presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membantu istri tercintanya tersebut. Petugas dari Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Singapura juga membantu menerangkan dan memperlihatkan surat suara pada ketua umum Partai Demokrat tersebut.

"Meskipun sedang menjalani perawatan di rumah sakit, saya berpartisipasi dalam Pemilu ini untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," tulis Ani dalam keterangan fotonya dikutip Senin (15/4/2019).

 

Ani Minta Restu pada Petugas

Ani Yudhoyono menggunakan hak pilihnya di Singapura. (Foto: Istimewa)

Dalam akun Twitter Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, terlihat sebuah video yang menunjukkan bagaimana Ani melakukan proses pencoblosan. SBY bersama petugas juga sempat menunjukkan surat suara yang masih baik ke hadapan pengawas di luar kamar RS.

Sambil menunjukkan surat suara yang sudah terlipat, Ani sempat tersenyum ke arah kamera.

Ketika mendapatkan ucapan terima kasih atas partisipasinya, Ani juga meminta doa restu agar dirinya bisa segera pulih.

"Mohon doanya supaya saya cepat bisa kembali ke tanah air," kata Ani pada petugas.

"Kami juga berdoa bu," balas petugas tersebut.

 

SBY Ikut Mengantri

Harus mendampingi sang istri membuat SBY harus memilih di Singapura. Dalam unggahan di akun Twitter Hinca dan salah seorang caleg dari Partai Demokrat, Imelda Sari terlihat dia melakukan pencoblosan di Kedutaan Besar RI Singapura.

Mengenakan batik berwarna biru, SBY bahkan ikut mengantri seperti para pemilih lainnya. Dalam unggahan Hinca, dia ditemani oleh beberapa elit Partai Demokrat dan Rocky Gerung.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Traveloka Wujudkan Penerbangan Domestik Lebih Nyaman

Posted: 14 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pastinya ingin merasakan kenyamanan saat melakukan perjalanan jauh. Apalagi untuk urusan naik pesawat. Selama ini, hal-hal yang menambah kenyamanan dalam penerbangan memang sudah tersedia. Namun, Anda perlu mengaksesnya secara terpisah.

Traveloka awalnya hadir sebagai situs penjualan tiket pesawat. Berpegang pada komitmen ingin mewujudkan perjalanan ternyaman bagi masyarakat, Traveloka kini juga menghadirkan pelayanan total untuk penerbangan.

Terutama dalam layanan penerbangan domestik, Traveloka memiliki cara khusus untuk menjamin pengguna dapat menikmati kenyamanan total. Inilah 3 cara Traveloka mewujudkan hal tersebut:

1. Sebelum membeli tiket

Kemudahan terbang bersama Traveloka dapat langsung Anda nikmati sejak sebelum membeli tiket pesawat. Traveloka memiliki sebuah fitur canggih yang memudahkan pengguna untuk memantau harga tiket pesawat.

Fitur bernama Price Alert ini bisa digunakan sebagai pemantau harga tiket yang sesuai bujet Anda, untuk waktu perjalanan dan destinasi yang Anda inginkan.

Dengan fitur ini, Anda tak sekadar bisa menghemat biaya perjalanan, tetapi juga menghemat waktu dan tenaga. Sebab, perkembangan harga dan ketersediaan tiket terpantau otomatis di gawai Anda sendiri.

2. Saat membeli tiket

Ketika memasuki saat membeli tiket, Traveloka juga menyediakan fitur-fitur unggulan yang memastikan proses berjalan lebih praktis dan menyeluruh. Melalui Traveloka, pengguna tak sekadar bisa membeli tiket. Mereka juga bisa sekaligus membeli layanan tambahan penerbangan dalam satu waktu.

Untuk yang suka menentukan sendiri posisi tempat duduk di pesawat, Anda bisa memilih nomor kursi penumpang saat membeli tiket di Traveloka. Kursi tersedia sesuai ketentuan dari maskapai. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Demi mengantisipasi kelebihan muatan, Anda juga bisa langsung membeli bagasi tambahan dari aplikasi ponsel atau situs Traveloka. Layanan ini cocok untuk Anda yang berencana wisata belanja atau membawa banyak titipan barang.

Apalagi jika Anda mengambil perjalanan panjang, jangan lupa tambahkan layanan makanan di pesawat. Saat ini, Traveloka menyediakan fitur Makanan Pesawat di mana pengguna bisa memilih makanan untuk menemani penerbangan, sesuai keinginan. Tak perlu lagi repot memesan ketika di dalam pesawat.

3. Sebelum perjalanan

Saat-saat menunggu penerbangan biasanya terasa cukup membosankan. Ada beberapa layanan di bandara yang sengaja disediakan untuk memanjakan penumpang. Traveloka sendiri kini memungkinkan pengguna untuk langsung memesan hal tersebut dari aplikasi atau situs resminya.

a.    Online check-in dalam satu tempat

Saat ini, Anda sudah bisa melakukan online check-in pesawat melalui Traveloka, minimal 24 jam sebelum penerbangan. Boarding pass pun bisa langsung terkirim ke aplikasi dan email Anda. Anda tinggal mencetak boarding pass tersebut di rumah sehingga saat di bandara nanti tak perlu lagi antre di loket maskapai.

b.    Status penerbangan termonitor setiap saat

Setelah proses check-in berjalan lancar, Anda tinggal menunggu keberangkatan. Traveloka kini memastikan Anda tak lagi ketinggalan informasi penerbangan karena sudah ada fitur Status Penerbangan di Traveloka App. Fitur ini menginfokan berbagai status penerbangan dalam genggaman dan Anda bisa membagikan info tersebut kepada kerabat untuk memastikan keamanan.

c.    Bagasi tetap aman

Saat menunggu penerbangan, Anda bisa menyiapkan bagasi dan memberikan perlindungan tambahan dengan Baggage Wrap/Pembungkus Bagasi. Bersamaan dengan proses check-in online di Traveloka, Anda bisa langsung membeli layanan Pembungkusan Bagasi. Nantinya, Anda cukup tunjukan voucher Traveloka kepada petugas Pembungkus Bagasi di bandara keberangkatan.

d.    Akses masuk mudah ke Lounge Bandara mana saja

Lounge Bandara bisa menjadi tempat bersantai andalan saat menanti pesawat berangkat. Biasanya, lounge bandara bisa Anda akses jika menggunakan kartu bank khusus. Namun, kini Traveloka menyediakan layanan penjualan akses masuk Lounge Bandara. Anda tinggal membeli akses masuk Lounge Bandara yang Anda inginkan, berbarengan dengan waktu check-in online di Traveloka App.

Perjalanan yang nyaman adalah di mana semua kebutuhan terpenuhi dalam satu tempat. Kini Anda pasti bisa sering-sering menikmati hal tersebut saat melakukan penerbangan. Dari berbentuk Traveloka App, semuanya menjadi begitu mudah dalam genggaman Anda sendiri. Saatnya wujudkan kenyamanan penerbangan bersama Traveloka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

140.878 WNI di Malaysia Antre Gunakan Hak Pilihnya di Pemilu 2019

Posted: 14 Apr 2019 09:55 PM PDT

Fokus, Malaysia - Ratusan ribu WNI di Malaysia menggunakan hak pilihnya pada Minggu, 14 April kemarin. Meski terjadi antrean panjang, pemilu berlangsung aman dan lancar.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (15/4/2019), pemungutan suara di Kota Kinibalu dilakukan di dua lokasi, yakni di halaman kantor Konsulat Republik Indonesia sebanyak 19 TPS dan di sekolah sebanyak 7 TPS. Hak suara mulai diberikan sejak pukul 08.00 waktu setempat. 

Dibanding Pemilu 2014, partisipasi jumlah pemilu tahun ini lebih meningkat. Dilihat dari jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 140.878. 

Nantinya, perhitungan suara pemilu di Malaysia akan dilakukan tanggal 17 April 2019.  Guna mencegah terjadinya kecurangan, surat suara dijaga ketat oleh aparat keamanan selama 24 jam penuh.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tentara Marinir AS Tikam Perempuan Jepang Sebelum Bunuh Diri di Okinawa

Posted: 14 Apr 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Seorang anggota Angkatan Laut AS diduga menikam seorang wanita Jepang sebelum bunuh diri di sebuah apartemen di Okinawa.

Keduanya didapati tewas dengan luka tusukan pada Sabtu 13 April 2019 pagi, di dalam sebuah gedung enam lantai di Distrik Kuwae, Chatan. Informasi itu diberikan oleh juru bicara Kepolisian Prefektur Okinawa, mengutip Fox News pada Senin (15/4/2019).

Pihak berwenang mengatakan pelaku pembunuhan adalah sang tentara, 31 tahun. Keduanya dilaporkan oleh Stars and Strips sedang menjalin hubungan pribadi. Meski demikian, hingga saat ini masih belum diketahui mengapa laki-laki itu membunuh korban.

Anak korban yang juga berada di apartemen saat insiden penikaman terjadi dinyatakan tidak terluka dan tengah berada dalam lindungan kepolisian. Saat itu, ia berlari memanggil kerabat untuk meminta bantuan, kemudian menghubungi kepolisian Jepang pada 7.26 pagi waktu setempat.

Investigasi kasus ini masih berjalan dengan korps Marinir AS menyatakan hendak bekerja sama dengan kepolisian Jepang.

"Kami berkomitmen penuh untuk mendukung penyelidikan atas insiden itu," kata Pasukan Ekspedisi Marinir III dalam sebuah pernyataan. "Akan ada lebih banyak informasi yang akan datang saat penyelidikan berlangsung."

Tindakan senada juga diberikan oleh Duta Besar AS William Hagerty, yang menyatakan penyesalannya yang mendalam dan menjanjikan kooperasi penuh terhadap penyelidikan itu.

Meskipun nama pelaku dan korban belum dirilis secara resmi, tentara AS diduga kuat merupakan bagian dari Divisi Marinir AS ke-3 yang berbasis di Okinawa.

Tentara AS di Okinawa

Sebuah pesawat terbang landas dari pangkalan militer AS di Okinawa, Jepang (AP/Shizuo Kambayashi)

Sebagaimana diketahui, militer AS berjaga di pangkalan militer Okinawa sehubungan dengan payung aliansi pertahanan Negeri Paman Sam dan Jepang.

Meskipun Okinawa kurang dari 1 persen dari ruang daratan Jepang, laporan AP mengatakan wilayah itu menampung sekitar setengah dari 54.000 tentara AS.

Serangan ini datang setelah adanya laporan NBC yang menyoroti adanya stigma buruk terhadap pasukan AS di pulau Jepang itu.

"Ada begitu banyak pasukan Amerika di sini. Tentu saja, 99 persen dari mereka adalah orang baik, tetapi kemudian ada 1 persen yang melakukan hal-hal jahat," kata Tomomichi Shimabukuro, pengelola penginapan tepi laut bernama Churaumi-kun.

Warga Okinawa Ingin Militer AS Angkat Kaki

Ilustrasi demonstrasi penolakan pangkalan militer AS di Pulau Okinawa (AFP Photo)

Sementara itu, pemerintah Jepang pada Januari lalu berniat menyediakan tempat baru untuk tentara marinir AS di Pulau Okinawa. Rencana itu dilakukan sebagai bagian dari rencana besar untuk memindahkan pangkalan militer AS, meskipun masih dalam prefektur yang sama.

Infrastruktur yang dimaksud akan dibangun sepanjang 135 meter, dan merupakan salah satu dari delapan situs yang tengah dikerjakan oleh pemerintah pusat. Lahan seluas 157 hektar dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek keamanan nasional itu, dikutip dari the Japan Times.

Pembangunan ini menyulut kemarahan Gubernur Okinawa.  Mengingat, selama ini ia berusaha menentang rencana Jepang - AS terkait pemindahan Pangkalan Udara Korps Marinir AS Futenma, dari pemukiman padat penduduk di Ginowan, ke daerah pesisir yang kurang padat.

Tamaki menginginkan pangkalan militer AS benar-benar angkat kaki dari Okinawa. Saat ini ia tengah berusaha menghentikan pembangunan tembok laut itu. Ia berencana mengadakan referendum prefektur, pada Februari mendatang.

Penolakan Pemerintah Okinawa bukanlah tanpa alasan. Penduduk Okinawa telah muak dengan keberadaan pangkalan militer sejak berpuluh tahun lalu. Mereka tidak menginginkan lagi kebisingan, kejahatan, dan kecelakaan terkait keberadaan institutusi itu di wilayah mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus USD 540 Juta pada Maret 2019

Posted: 14 Apr 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus USD 0,54 miliar atau sekitar USD 540 juta pada Maret 2019.

Surplus ini berasal dari ekspor sebesar USD 14,03 miliar dan impor sebesar USD 13,49 miliar. 

"Neraca perdagangan surplus USD 0,54 miliar atau sekitar USD 540 juta," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Suhariyanto mengatakan, surplus  ini berasal dari sektor nonmigas. Sementara sektor migas Indonesia mesih menyumbang defisit.

"Surplus sebagian besar didukung oleh ekspor non migas, sedangkan migas masih defisit," ujar dia. 

Dari sisi impor, Indonesia pada Maret 2019 mencatatkan impor sebesar USD 13,49 miliar. Angka ini naik jika dibandingkan dengan Februari 2019 sebesar USD 10,31 miliar.

"Meski demikian, posisi impor pada Maret ini mengalami penurunan jika dibandingkan secara year on year yaitu pada Maret 2018 sebesar 6,67 persen," tutur dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

Prediksi Ekonom

Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, ekonom prediksi neraca perdagangan alami defisit perdagangan sekitar USD 464 juta pada Maret 2019.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, neraca perdagangan Maret 2019 sekitar USD 464 juta.

Hal ini didorong laju ekspor diperkirakan terkontraksi -14,65 persen secara year on year (YoY) dan laju impor diperkirakan tumbuh melambat -4,81 persen YoY.

"Laju impor secara bulanan cenderung meningkat dibandingkan bulan sebelumnya terindikasi dari aktivitas manufaktur Indonesia pada Maret yang tercatat meningkat menjadi 51,2 dari bulan sebelumnya 50,1 persen," ujar Josua dalam catatannya, Senin, 15 April 2019.

Ia menuturkan, kenaikan indeks manufaktur domestik mengindikasikan kebutuhan impor bahan baku cenderung meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Selain itu, peningkatan nilai impor Maret juga terefleksi dari peningkatan ekspor Tiongkok ke Indonesia yang tercatat tumbuh 68 perse Month on Month (MoM) dari bulan sebelumnya yang terkontraksi -40 persen MoM di tengah faktor musiman Tahun Baru China yang sudah normal pada Maret.

"Di sisi lainnya, ekspor cenderung masih terkontraksi di tengah tren penurunan harga komoditas ekspor seperti kelapa sawit yang turun -4,5 persen MoM dan dan batu bara turun -3,4 persen MoM sehingga akan menekan kinerja ekspor Indonesia dari sisi harga," kata dia.

Sementara itu, dari sisi volume, volume ekspor Indonesia diperkirakan tertahan oleh penurunan indikator aktivitas manufaktur mitra dagang utama Indonesia seperti kawasan Euro, Amerika Serikat, Jepang dan India.

 

IHSG Respons Positif Data Neraca Dagang pada Maret

Pekerja mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan Sekuritas, Jakarta, Rabu (14/11).  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bertahan di zona hijau pada penutupan perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun merespons positif rilis data neraca perdagangan Indonesia kembali surplus pada Maret 2019.

Indonesia mencatatkan surplus neraca dagang USD 540 juta pada Maret 2019. IHSG pun menguat 33,77 poin atau 0,53 persen ke posisi 6.439,79. Indeks saham LQ45 naik 0,57 persen ke posisi 1.014,24. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau.

Sebanyak 206 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 149 saham melemah dan 137 saham diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham 221.759 kali dengan volume perdagangan 7,6 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 3,9 triliun. Investor asing jual saham Rp 165,67  miliar di pasar regular.

 

 

Neraca Dagang Pada Februari 2019

Aktifitas kapal ekspor impor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Proyeksi tersebut menyusut dari realisasi surplus di bulan sebelumnya yang sebesar US‎$ 1,23 miliar karena ekspor melemah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Februari 2019 surplus sebesar USD 0,33 miliar. Hal ini berbanding terbalik dari Januari 2019 yang defisit sebesar USD 1,16 miliar dan Februari 2018 yang defisit USD 120 juta.

"Sesudah 4 bulan kita mengalami defisit, Alhamdulillah bulan ini kita mengalami surplus. Kita berharap bulan-bulan berikutnya kita mengalami surplus," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.

Dia menjelaskan, pada Februari 2019, nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar USD 12,53 miliar. Sedangkan impor sebesar USD 12,2 miliar.‎

"Pada Februari 2019, total ekspor sebesar USD 12,53 miliar. Dibandingkan Januari 2019, berarti ada penurunan 10,03 persen," ungkap dia.

Sedangkan impor pada Februari 2019 juga menurun drastis yaitu 18,61 persen dibandingkan impor di Januari 2019.

Dia menjelaskan, neraca perdagangan ini dipengaruhi harga komoditas baik migas maupun nonmigas pada Februari 2019. ‎Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga seperti‎ nikel, tembaga, seng, karet dan sawit. Sedangkan yang mengalami penurunan yaitu minyak kernel dan batu bara.

"Komoditas nonmigas yang mengalami peningkatan ada, tapi ada juga komoditas yang mengalami penurunan. Minyak mentah dan nonmigas ini berpengaruh pada nilai ekspor dan impor Indonesia," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Direktur Hutama Karya Terkait Kasus Suap Air Minum

Posted: 14 Apr 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan Direktur PT Hutama Karya, Koentjoro dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Koentjoro akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Anggiar Partunggul Nahot Simaremare (ARE) selaku Kepala Satuan Kerja (Kasatker) SPAM Strategis sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SPAM Lampung.

"Yang bersangkutan (Koentjoro) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ARE," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (15/4/2019).

Tak hanya Koentjoro, tim penyidik juga akan memeriksa lima saksi lainnya untuk melengkapi berkas tersangka Anggiar. Mereka adalah Irfan selaku PPK proyek IKK Krayan Kaltara, Nurul selaku PPK Sewon, Bantul, Yogyakarta. Kemudian seorang swasta bernama Febi Festia, seorang pegawai bernama Anton Fatoni, serta Direktur Utama PT Rapi Tirta Treatmindo Hendrianto Panji.

"Kelima saksi diperiksa untuk tersangka ARE," kata Febri.

Dalam kasus ini, KPK menetapkan delapan orang sebagai tersangka kasus dugaan suap ‎terhadap pejabat Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun anggaran 2017-2018.

 

Delapan Tersangka

Delapan tersangka tersebut yakni, ‎Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Emindo (PT WKE) Budi Suharto, Direktur PT WKE Lily Sundarsih Wahyudi, Direktur Utama PT Tashida Sejahtera Perkasa (PT TSP) Irene Irma, dan Direktur PT TSP, Yuliana Enganita Dibyo. Keempatnya diduga sebagai pihak pemberi suap.

Sedangkan sebagai penerima suap, KPK menjerat empat pejabat Kementerian PUPR, yakni Kepala Satuan Kerja (Satker) SPAM Anggiat Partunggul Nahot Simaremare, PPK SPAM Katulampa Meina Woro Kustinah, Kepala Satker SPAM Darurat Teuku Moch Nazar, serta PPK SPAM Toba 1 Donny Sofyan Arifin.

Diduga, empat pejabat Kementerian PUPR menerima suap untuk mengatur lelang terkait proyek pembangunan sistem SPAM tahun anggaran 2017-2018 di Umbulan 3-Pasuruan, Lampung, Toba 1 dan Katulampa. Dua proyek lainnya adalah pengadaan pipa HDPE di Bekasi dan daerah bencana Donggala, Palu, Sulawesi Tengah.

KPK menduga ada lebih dari 20 proyek SPAM di Kementerian PUPR yang menjadi bancakan. Sejauh ini KPK sudah menerima pengembalian uang dari kasus ini lebih dari Rp 40 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bersyukur Bisa Masuk ke Dalam Kakbah

Posted: 14 Apr 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kesempatan untuk masuk ke dalam Kakbah. Jokowi masuk ke dalam Kakbah ditemani oleh Ibu Negara Iriana dan kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep.

"Labbaik Allahumma Labbaik. Aku datang memenuhi panggilanMu, Ya Allah. Subuh ini, saya dan keluarga mendapat kehormatan untuk memasuki Kakbah di Masjidil Haram," tulis Jokowi dalam akun instagramnya, Senin (15/4/2019).

Atas kesempatan itu, Jokowi sangat bersyukur.

"Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah," ujar dia.

Dari Tanah Suci, Jokowi juga menitipkan salam untuk rakyat di Indonesia.

Jokowi sudah berada di Arab Saudi untuk umrah sejak Minggu, 14 April 2019. Jokowi pun dijamu oleh Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh, Arab Saudi sesaat setelah mendarat.

 

Dijamu Raja Salman

Presiden dan Ibu Iriana dijamu santap bersama oleh Raja Salman.

Adapun menu yang disuguhkan Raja Salman kepada Presiden Jokowi adalah makanan khas Timur Tengah, antara lain sup harira, daging iga sapi, nasi mandhi dengan ayam, dan sejumlah makanan penutup dan manisan khas Arab Saudi.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Iriana antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. Serta dua putra Jokowi, yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pengarep.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2019: Bersiap untuk GP Spanyol

Posted: 14 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Balapan MotoGP Austin, baru saja digelar Minggu (14/4). Pembalap Suzuki, Alex Rins tampil sebagi juara balapan yang digelar di Circuit of The Americas (COTA) ini.

Ada juga yang menarik di MotoGP Austin ini. Pembalap unggulan, sekaligus juara bertahan, Marc Marquez gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh di lap sembilan.

Alhasi, Marquez harus tergusur dari puncak klasemen MotoGP 2019. Posisinya diambil alih oleh pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Namun, peluang Marquez tentu masih terbuka karena MotoGP masih panjang. Terdekat, para pembalap akan kembali bertarung di MotoGP Spanyol, Mei mendatang.

Berikut selengkapnya Jadwal MotoGp 2019:

Jadwal MotoGp 2019

Para pebalap MotoGP memacu motornya pada MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Doha, Minggu (18/3/2018). Andrea Dovizioso menjadi juara seri ini dengan catatan waktu 42 menit 34,654 detik. (AFP/Karim Jaafar)

1. GP Qatar: Losail International Circuit,10 Maret

2. GP Argentina: Termas de Rio Hondo, 31 Maret

3. GP America: Circuit of the Americas, 14 April

4. GP Spanyol: Circuito de Jerez-Angel Nieto, 5 Mei

5. GP Prancis: Le Mans, 19 Mei

6. GP Italia: Autodromo di Mugello, 2 Juni

7. GP Catalunya: Circuit de Barcelona-Catalunya, 16 Juni

8. GP Belanda: TT Circuit Assen, 30 Juni

9. GP Jerman: Sachsenring, 7 Juli

10. GP Cek: Automotodrom Brno, 4 Agustus

11. GP Austria: Red Bull Ring - Spielberg, 11 Agustus

12. GP Inggris: Silverstone Circuit, 25 Agustus

13. GP San Marino: Misano World Circuit Marco Simoncelli, 15 September

14. GP Aragon: MotorLand Aragon, 22 September

15. GP Thailand: Changi International Circuit, 6 Oktober

16. GP Jepang: Twin Ring Motegi, 20 Oktober

17. GP Australia: Phillip Island Circuit, 27 Oktober

18. GP Malaysia: Sepang International Circuit, 3 November

19. GP Valencia: Circuit Ricardo Tormo, 17 November.

Klasemen MotoGP 2019

1 Andrea Dovizioso - Mission Winnow Ducati  54
2 Valentino Rossi - Monster Yamaha 51
3 Alex Rins - Suzuki Ecstar 49
4 Marc Marquez - Repsol Honda 45
5 Danilo Petrucci - Mission Winnow Ducati 30
6 Jack Miller - Pramac Ducati 29
7 Takaaki Nakagami - LCR Honda 22
8 Cal Crutchlow - LCR Honda 19
9 Pol Espargaro - Red Bull KTM 18
10 Fabio Quartararo - Petronas Yamaha SRT 17
11 Franco Morbidelli - Petronas Yamaha SRT 16
12 Maverick Vinales - Monster Yamaha 14
13 Aleix Espargaro - Aprilia 13
14 Francesco Bagnaia - Pramac Ducati 9
15 Joan Mir - Suzuki Ecstar 8
16 Miguel Oliveira - Red Bull KTM Tech3 7
17 Jorge Lorenzo - Repsol Honda 7
18 Andrea Iannone - Aprilia 6
19 Johann Zarco - Red Bull KTM 5
20 Tito Rabat - Avintia Ducati 1
21 Hafizh Syahrin - Red Bull KTM Tech3 0
22 Karel Abraham - Avintia Ducati 0

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Holding Penerbangan, Menteri Rini Ingin Seperti Dubai dan Qatar

Posted: 14 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno akan membentuk holding BUMN sarana dan prasarana penerbangan. Surat kajiannya pun sudah dikirimkan ke Menteri Keuangan pada akhir Maret lalu.

Bukan tanpa alasan Rini berencana membentuk holding ini. Diharapkan dengan penggabungan ini akan memperkuat bisnis dan pelayanan penerbangan di Indonesia ke depannya. Dia melihat konsep yang sama juga diterapkan di Dubai, UEA dan Doha, Qatar.

"Sekarang sedang dipelajari, kita pakai konsultan, kita bicarakan bersama, ini lebih baik bagaimana. Karena ke depan kalau kita melihat, adalah bagaimana kita lihat di negara lain, seperti di Doha bandaranya dengan penerbangannya Qatar Airways, di Dubai itu juga Dubai Airport juga sama dengan Emirates," kata Rini di Gedung BEI, Senin (15/4/2019).

Menurut Rini, dengan karakter Indonesia sebagai negara kepulauan, transportasi udara adalah moda transportasi paling efektif dalam menghubungkan semua pulau tersebut. Untuk itu, ke depan, investasi di sektor penerbangan ini akan terus meningkat.

Dengan adanya holding sarana dan prasarana penerbangan ini, nantinya perusahaan akan lebih kuat baik dalam ekspansi dan juga mencari pendanaan.

"Karena itu yang kita pelajari adalah neraca dari perusahaan ini. Holding dibentuk tidak terlepas untuk menjadikan neracanya lebih besar, sehingga kita bisa melakuakn investasi yang lebih banyak," tegas dia.

Tak hanya Kementerian Keuangan, Menteri BUMN juga melibatkan Kementerian Perhubungan dalam merealisasikan rencananya ini. Karena Kemenhub menjadi regulator di sektor penerbangan ini.

Di Debat Capres, Sandiaga Bacakan Surat Penolakan Holding BUMN Penerbangan

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyapa para pendukung dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Sandiaga Uno menyampaikan surat mengenai penolakan pembentukan holding BUMN penerbangan.

Ia mengatakan, hal itu saat menyampaikan pertanyaan dalam debat pamungkas Sabtu, 13 April 2019.

"Ada surat yang disampaikan kepada kami. Inti bunyinya bila kelak Allah berikan amanah pemimpin negeri, holding sektor penerbangan, kami terancam, terlempar dari BUMN. Besar harapan kami meluangkan dan keberkahan rezeki, diberikan uang Rp 350 ribu dari karyawan itu saat menuju Lampung," ujar Sandiaga.

Seperti diketahui, Serikat Karyawan PT Angkasa Pura II (Sekarpura II) menyatakan sikap terkait rencana holding perusahaan transportasi udara oleh Kementerian BUMN. Mereka berkirim surat untuk mempertanyakan rencana tersebut. 

Dalam penyampaian pertanyaan sikap kepada pemerintah itu, hadir seluruh Ketua DPC Sekarpura II dari 15 bandara udara di Indonesia. Juga pengurus pusat yang memang berkantor di Gedung 600, Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

"Kami, sekitar hari Jumat, 5 April 2019, Sekarpura II bersama Sekarpura I sudah melayangkan surat ke Kementerian BUMN, untuk mempertanyakan rencana holding tersebut," tutur Sekjen Sekarpura II, Krisna Wijaya, Selasa, 9 April 2019.

 

Reaksi Karyawan

Ilustrasi pesawat terbang lepas landas dari bandara.

Sementara, Ketua DPP Sekarpura II, Robby Saputra, menuturkan isi surat tersebut ada lima poin pertanyaan yang diajukan mewakili seluruh kekhawatiran ribuan karyawan yang ada di AP I dan AP II. 

"Pertama, seberapa penting holding bisnis sarana dan prasarana perhubungan udara untuk segera dilakukan?" tutur Robby. 

Lalu kedua, dampak positif yang konkret atas rencana holding yang akan dilakukan Kementerian BUMN terhadap PT AP I dan PT AP II?

Ketiga, saat ini AP I dan AP II selaku perusahaan BUMN yang bisnisnya berkembang dengan baik, sehingga mempertanyakan kenapa akan dilakukan holding dengan perusahaan yang kurang baik secara keuangan.

Sekarpura II juga mempertanyakan kajian hukum dan bisnis, konsep tata kelola, serta peluang rencana holding tersebut terhadap Serikat Pekerja PT Angkasa Pura I dan II. Baik dari sisi perusahaan dan juga karyawan. 

"Kami juga meminta time line proses holding bisnis sarana dan prasarana perhubungan udara Kementerian BUMN," ungkap Robby. 

Dalam surat tersebut, Sekarpura II memberi batasan agar Kementerian BUMN memberikan jawaban atau balasan surat, paling lambat pada hari ini pukul 16.00 wib. Namun, dari informasi yang didapat Sekarpura II, surat tersebut masih proses penomoran dan penandatanganan. 

"Sekali lagi, surat tersebut bertujuan untuk menjawab keresahan agar karyawan kami dalam tanda kutip seperti biasa atau lebih baik lagi, ketika holding dilakukan. Kalau enggak baik akan breafing lagi kepada para ketua DPC untuk sikap selanjutnya," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rhoma Irama Tolak Anaknya Dijebloskan ke Lapas Cipinang

Posted: 14 Apr 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rhoma Irama menyatakan putranya, Ridho Rhoma, tak akan memenuhi panggilan Kejaksaan Negeri Jakarta Barat untuk menjalani eksekusi putusan dari Mahkamah Agung (MA). Ridho diketahui divonis 1,5 tahun penjara oleh MA terkait kasus narkoba.

Rhoma beralasan Ridho belum menerima petikan putusan tersebut.

"Hari ini Ridho belum bisa memenuhi panggilan Kejaksaan untuk melakukan eksekusi," ujar Rhoma dalam jumpa pers di kediamannya, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019).

Rhoma mengatakan, eksekusi bisa dilakukan jika Ridho sudah menerima petikan putusan MA itu. Sementara, menurut Rhoma, hingga saat ini Ridho maupun kuasa hukumnya belum menerimanya.

"Jadi secara UU Ridho harus menerima dulu, pengacara menerima itu dulu, baru eksekusi dapat dilaksanakan. Sampai detik ini Ridho maupun pengacaranya belum menerima," kata Rhoma.

Lantaran masih belum menerima petikan putusan tersebut, Rhoma menyatakan bahwa tak hadirnya Ridho untuk menjalani eksekusi karena mentaati hukum sesuai undang-undang (UU) yang berlaku.

"Jadi kalau Ridho tidak datang bukan tidak taat hukum atau menghindar, justru kita menaati hukum sesuai UU," kata Rhoma.

Dipastikan Dieksekusi Hari Ini

Ridho keluar RSKO didampingi oleh kedua orangtuanya, H. Rhoma Irama dan Marwah Ali. Ridho tampak sumringah keluar dari lobby rumah sakit sekitar pukul 15.48 WIB. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Kejaksaan Negeri Jakarta Barat segera mengeksekusi penyanyi Ridho Rhoma, setelah Mahkamah Agung (MA) menolak kasasinya atas kasus penyalahgunaan narkoba. Rencananya, jaksa akan mengeksekusi Ridho pada pada pekan depan.

"Panggilannya pada 15 April," kata Kepala Seksi Intelijen Kejari Jakarta Barat Edy Subhan seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/4/2019).

Edy mengatakan, jaksa eksekutor telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada tim pengacara putra dari pedangdut Rhoma Irama itu terkait rencana eksekusi.

Jaksa juga telah mengirimkan surat panggilan pertama kepada Ridho, jika terpidana tidak memenuhi panggilan maka surat panggilan kedua dan ketiga akan dikirimkan.

Dituturkan Edy, jika Ridho tetap tidak memenuhi panggilan ketiga maka jaksa berwenang menjemput paksa penyanyi tersebut.

Menurut Edy, berdasarkan putusan MA, Ridho harus menjalani sisa masa penahanan 1,5 tahun dipotong masa rehabilitasi yang telah dijalani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Liverpool Bungkam Chelsea di Anfield 2-0

Posted: 14 Apr 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liverpool kembali memuncaki klasemen sementara Liga Inggris setelah sukses membungkam Chelsea 2-0 di stadion Anfield hari Minggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Insomnia dan Gejalanya, Salah Satunya Terjadi karena Kondisi Kesehatan

Posted: 14 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyebab insomnia dapat menyerang siapa saja. Ya, masalah pada tidur ini dapat hadir kapan saja dan kepada siapa saja. Memang, mendapati kualitas tidur yang baik merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh setiap orang. Karena dengan mendapati kualitas tidur yang baik, mampu memberikan efek yang baik juga untuk kesehatan tubuh. Selain itu, dengan mendapati tidur dengan kualitas yang baik, maka kamu dapat menjalankan segala aktivitas dalam sehari penuh dengan baik.

Meskipun terkesan sepele, tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting bagi tubuh. Jika kamu kurang tidur, maka berbagai fungsi normal tubuh akan terganggu, mulai dari kurang fokus di siang hari, stress, hingga tekanan darah yang meningkat.

Namun bagaimana saat kamu mendapati kondisi sulit tidur? Sulit tidur atau insomnia merupakan gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitan untuk memulai tidur atau mempertahankan tidur. Jumlah waktu yang dibutuhkan setiap orang untuk tidur memang berbeda-beda. Namun kebutuhan tidur rata-rata untuk orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam sehari.

Insomnia tidak hanya akan menurunkan energi kamu di pagi hari dan menganggu mood, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan dan menurunkan kualitas hidup, loh. Kualitas tidur buruk karena insomnia, dapat memengaruhi fisik maupun mental seseorang.

Bagaimana bisa sulit tidur atau insomnia ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang? Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur di malam hari? Berikut Liputan6.com, Senin (15/4/2019) telah mengulas beberapa hal terkait insomnia. 

Mengenal Insomnia

Sulit Tidur / Sumber: iStock

Insomnia merupakan suatu gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Sulit tidur ini menyebabkan penderitanya menjadi tidak prima untuk melakukan segala aktivitas besok paginya.

Kenapa kamu membutuhkan kuantitas dan kualitas tidur yang baik? Soalnya, kuantitas dan kualitas tidur memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Selain itu, kesehatan seseorang juga sangat dipengaruhi dengan adanya kualitas tidur yang sehat ini. Kalau kamu mendapati tidur yang tidak cukup, maka akan menimbulkan gangguan fisik dan juga mental. Tidur yang cukup ini sendiri umumnya membutuhkan 7 hingga 8 jam tidur dalam sehari, hal ini berguna untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Merasa Insomnia Juga Bisa Merusak Kesehatan (Andriano / Shutterstock)

Komplikasi yang bisa terjadi akibat insomnia

- Prestasi kerja atau sekolah akan menurun

- Meningkatkan risiko kecelakaan jika mengendarai kendaraan

- Gangguan psikiatri, seperti gangguan cemas dan depresi

- Kelebihan berat badan atau obesitas

- Mudah tersinggung dan emosi

- Meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes mellitus.

Gejala Insomnia

Sulit Tidur / Sumber: iStock

Adapun beberapa gejala insomnia yang umum dirasakan penderitanya. Misalnya saja, penderita seringkali membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk bisa tidur. Selain itu, penyebab insomnia penderita hanya bisa tidur selama enam jam atau bahkan kurang. Biasanya ini terjadi setidaknya tiga hari berturut-turut dalam satu bulan atau lebih.

Penderita insomnia biasanya memiliki satu atau lebih gejala yang dialami sebagai berikut:

- Sulit untuk memulai tidur,

- Sering terbangun pada malam hari dan sulit untuk tidur kembali,

- Bangun terlalu pagi,

- Merasa lelah dan mengantuk keesokan harinya,

- Kesulitan mengingat atau berkonsentrasi.

Penyebab Insomnia

Dampak dari Sulit Tidur / Sumber: iStock

Penyebab insomnia ini dibagi menjadi kelompok besar, yaitu penyabab insomnia primer dan penyebab insomnia sekunder. Berikut masing-masing penjelasan penyebab insomnia:

1. Insomnia primer

Merupakan gangguan tidur yang tidak disebabkan oleh masalah kesehatan.

2. Insomnia sekunder

Merupakan kesulitan tidur yang disebabkan oleh penyabab lain, misalnya masalah kesehatan seperti asma, depresi, gastroesophageal reflux disease/ GERD, kanker, dan nyeri. Selain itu, nisa juga disebabkan karena mengonsumsi obat-obatan atau substansi lain seperti alkohol.

Beberapa hal berikut ini yang merupakan faktor atau penyebab insomnia:

- Stress yang disebabkan oleh berbagai kondisi,

- Penyakit tertentu,

- Faktor lingkungan, seperti suara yang berisik, cahaya, dan suhu yang ekstrim (dingin atau panas),

- Obat-obatan (misalnya obat depresi, anti-hipertensi, dan asma),

- Jadwal tidur yang terganggu, misalnya karena jet lag dan bekerja dengan sistem shift,

- Nyeri,

- Depresi atau gangguan cemas,

- Kafein, nikotin, dan alkohol.

Penyebab Insomnia Karena Kondisi Kesehatan

Sulit Tidur / Sumber: iStock

Selain penyebab insomnia tersebut, ada juga penyebab insomnia yang memang muncul atau hadir karena kondisi kesehatan tertentu. Hal ini akhirnya menyebabkan kamu menjadi sulit tidur atau insomnia. Ini beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat kamu menjadi insomnia.

1. Gangguan Pernapasan

Kalau memiliki kondisi gangguan pada sistem pernapasan, maka hal ini bisa menganggu tidurmu. Alergi dan asma adalah kondisi yang paling sering mengganggu pernapasan ketika tidur. Gangguan tidur seperti mendengkur juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Mendengkur yang parah bisa berupa sleep apnea, yang memotong pernapasan kamu dan bisa membangunkan kamu pada saat tidur malam. Akibatnya kualitas tidur juga akan terganggu.

2. Gatal

Kondisi seperti psoriasis dan eksem dapat membuat kulit terasa amat gatal, sehingga akan mengganggu tidurmu. Sebab, saat gatal, kamu hanya akan fokus dengan rasa gatal itu dan semakin intens kamu akan menggaruk bagian kulit yang gatal. Kondisi ini membuat kamu akan semakin sulit untuk tidur.

3. Nyeri Karena Berbagai Penyakit

Rasa nyeri merupakan salah satu kondisi yang bisa mengganggu kamu dalam momen tidur. Hal ini tentunya akan mengganggu waktu dan kualitas istirahat kamu menjadi tidak baik.

Beberapa kondisi nyeri yang bisa membuat kamu sulit tidur seperti radang sendi, masalah punggung kronis, kanker, atau kondisi lain seperti fibromyalgia (gangguan yang memengaruhi otak dalam memproses sinyal rasa sakit).

4. Masalah Mental

Keadaan mental yang bermasalah juga memainkan peran yang penting dalam urusan tidur. Orang yang mengalami depresi sangat mungkin mengalami masalah susah tidur, termasuk insomnia. Masalah mental yang biasanya terjadi adalah kecemasan, bipolar, dan gangguan obsesif-kompulsif.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara Akan Datangi Kejaksaan Negeri Tanpa Ridho Rhoma

Posted: 14 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ridho Rhoma santer dikabarkan akan kembali menghuni sel tahanan. Penyebabnya adalah karena kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum terkait kasus narkoba Ridho Rhoma diterima oleh Mahkamah Agung.

Kejaksaan Negeri pun memanggil kembali Ridho Rhoma berkaitan dengan permasalahan kasus narkoba yang menjeratnya tersebut.

Namun dari penuturan kuasa hukumnya, Achmad Cholidin, pihaknya belum menerima salinan surat panggilan tersebut. Kendati demikian, ia akan tetap mendatangi Kejaksaan Negeri.

 

Tanpa Ridho Rhoma?

Ridho keluar RSKO didampingi oleh kedua orangtuanya, H. Rhoma Irama dan Marwah Ali. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Rencana jam 1 kita datang ke Kejaksaan. (Tapi) kita belum terima surat salinan dari MA," kata Achmad Cholidin saat dihubungi di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Hanya saja, ia belum bisa memastikan apakah kedatangannya itu bersama dengan Ridho Rhoma juga atau tidak.

"Lihat nanti (Ridho Rhoma datang atau tidak), tapi kami dari kuasa hukum datang," lanjutnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

American Airlines Jadi Maskapai Besar Kedua Pencekal Boeing 737 MAX

Posted: 14 Apr 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pihak maskapai American Airlines pada Minggu, 14 April 2019 mengumumkan bahwa pihaknya mulai membatalkan 115 penerbangan dengan pesawat Boeing 737 MAX 8 dalam sehari.

Dikutip dari laman The Guardian, Senin (15/4/2019), ketentuan ini disebutkan oleh pihak American Airlines akan berlangsung hingga pertengahan Agustus mendatang.

Dengan adanya kebijakan ini, American Airlines menjadi maskapai terbesar kedua yang menangguhkan Boeing 737 Max 8.

Sebelumnya, pihak Southwest Airlines telah menerapkan hal serupa hingga 5 Agustus 2019. Sementara American Airlines hingga 19 Agustus.

Boeing 737 Max diterbangkan oleh otoritas penerbangan di seluruh dunia, termasuk FAA. Namun, sudah ada dua kecelakaan serupa dalam beberapa bulan terakhir yang melibatkan sistem perangkat lunak penerbangan di pesawat yang dikenal sebagai MCAS.

Jet Ethiopian Airlines yang jatuh pada 10 Maret, menewaskan semua 157 orang dan Lion Air yang jatuh di Indonesia pada 29 Oktober menewaskan 189 penumpang dan awak, keduanya adalah tipe Boeing 737 Max 8.

Atas kejadian dua insiden itu, Departemen Perhubungan Dunia meminta audit persetujuan Administrasi Penerbangan Federal atas kelayakan Boeing 737 MAX 8.

 

Kecelakaan Boeing 737 Max 8 di Ethiopia

Ethiopian Airlines. Foto:AFP/ISSOUF SANOGO

Kecelakaan ET 302, tak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa, menewaskan 157 orang dari 35 negara.

Itu adalah kecelakaan kedua yang melibatkan 737 MAX 8 dalam enam bulan. Terakhir adalah Lion Air JT 610 yang berpesawat serupa.

Beberapa pihak telah menggarisbawahi kesamaan antara kedua insiden tersebut, dengan beberapa ahli mengutip data satelit dan bukti dari lokasi kecelakaan untuk menunjukkan hubungan antara bencana hari Minggu dengan JT 610 yang menewaskan 189 orang.

 

Kotak Hitam ET 302 Telah Diterima Prancis

Pesawat Ethiopian Airlines (AFP/Jenny Vaughan)

Sementara itu, penyelidik di Prancis mengambil alih kotak hitam pesawat Ethiopian Airlines ET 302 yang jatuh saat mereka berusaha mengungkap apa yang menyebabkan bencana pada penerbangan berpesawat Boeing 737 MAX 8.

Biro Penyelidikan dan Analisis untuk Keselamatan Penerbangan Sipil (BEA) menerima data penerbangan dan perekam suara kokpit pada hari Kamis.

Pembacaan pertama bisa memakan waktu berhari-hari, tetapi banyak tergantung pada kondisi kotak.

Seorang juru bicara BEA mengatakan dia tidak tahu dalam kondisi apa kotak hitam itu berada.

"Pertama kita akan mencoba membaca data," kata juru bicara itu, seraya menambahkan bahwa analisis pertama bisa memakan waktu antara setengah hari dan beberapa hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 2 Hari Jelang Pemilu, Wiranto Rapat Bareng Kapolri hingga KPU

Posted: 14 Apr 2019 09:37 PM PDT

Menko Polhukam, Wiranto (keempat kiri) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga sejumlah menteri di kantornya, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (keempat kiri) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga sejumlah menteri di kantornya, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (kanan) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga menteri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (kanan) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga menteri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Abhan dan Jaksa Agung M Prasetyo menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4). Rapat tersebut membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Abhan dan Jaksa Agung M Prasetyo menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4). Rapat tersebut membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto berbincang dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian disela rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto berbincang dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian disela rapat koordinasi di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (keempat kiri) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga sejumlah menteri di kantornya, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (keempat kiri) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga sejumlah menteri di kantornya, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (kiri) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga sejumlah menteri di kantornya, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menko Polhukam, Wiranto (kiri) memimpin rapat koordinasi dengan KPU-Bawaslu, Polri, TNI hingga sejumlah menteri di kantornya, Jakarta, Senin (15/4). Rapat membahas mengenai kesiapan akhir pengamanan tahapan pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rapat Bahas Kesiapan Pilpres, Wiranto Tegaskan Aparat Keamanan Harus Netral

Posted: 14 Apr 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pencoblosan yang tinggal menghitung hari, 17 April 2019, Menkopolhukam Wiranto menggelar rapat bersama kementerian jajarannya. Purnawirawan jenderal bintang emapt TNI AD itu kembali menegaskan netralitas aparat keamanan dalam Pilpres 2019.

Hal tersebut disampaikan Wiranto saat membuka rapat koordinasi kesiapan akhir dalam rangka pengamanan tahapan pemungutan suara Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Rapat nantinya akan digelar tertutup bersama aparat keamanan daerah melalui video conference.

"Hari ini kita menggelar rapat koordinasi secara menyeluruh. Baik di tingkat pusat maupun daerah," ucap Wiranto di Ruang Nakula, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Turut hadir, Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Abhan, Ketua KPU Arief Budiman, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BIN Budi Gunawan, Jaksa Agung Prasetyo, Menkominfo Rudiantara, Kepala BSSN Joko Setiadi, serta jajaran pejabat kementerian/lembaga lainnya.

Wiranto memerintahkan enam hal yang paling utama untuk dilakukan dalam rangka pengamanan 17 April nanti. Yang pertama, yaitu menciptakan ruang aman bagi para pemilih nanti.

"Yang pertama, berikan dan ciptakan ruang yang aman bagi para pemilih untuk dapat bergerak, berangkat dari rumah ke TPS, untuk melaksanakan pemilihan tanpa tekanan. Ini seusai dengan amanat pemilu kita," jelas Wiranto.

Kedua, dia meminta agar membantu penyelenggaraan pemilu, para petugas, apabila ada sesuatu yang perlu dibantu atau yang kurang. "Bantu mereka," tegasnya.

 

Ketiga

Yang ketiga, dia juga memerintahkan, untuk memasang mata dan telinga guna menetralisir indikasi yang mengganggu jalannya pemilu,

"Netralisir setiap indikasi yang menganggu Pemilu, terutama di TPS-TPS. Cari, temukan, dan atasi, sebelum mereka melaksanakan kegiatan yang menganggu Pemilu dan pemilih," ungkapnya.

Yang keempat, masih kata Wiranto, kawal mobilisasi dan penghitungan suara secara ketat. Untuk tidak ada gangguan atau menghindari kecurangan-kecurangan yang dapat menganggu jalannya perhitungan suara.

"Kelima, ini sudah berkali-kali disampaikan oleh Panglima TNI dan Kapolri, jaga netralitas sebagai aparat keamanan yang baik dan terpecaya," kata Wiranto.

Yang terakhir, masih kata dia, tetap menggunakan moto yang pernah disampaikannya.

"Bahwa mengamankan Pemilu adalah kehormatan. Pemilu sukses adalah kebanggaan kita sebagai bangsa," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP: Dovizioso Ambil Alih Posisi Marquez

Posted: 14 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Texas- Andrea Dovizioso sukses mengambil kesempatan untuk memuncaki klasemen MotoGP dari Marc Marquez. Kesempatan ini diambil usai Marc Marquez terjatuh di MotoGP Austin, Senin (15/4/2019) dini hari WIB.

Dovizioso kini unggul dengan 54 poin usai finis keempat di MotoGP Austin. Dia unggul tipis dari Valentino Rossi yang berada di posisi kedua.

Pertarungan di Circuit of The Americas (COTA), tempat berlangsung MotoGP Austin memang di luar dugaan. Marquez yang sempat unggul 3,6 detik di depan terjatuh di lap ke-9.

Marquez tak bisa mengendalikan bagian depan motornya sehingga terjatuh di tikungan 12 COTA. Pertarungan pun beralih antara Rossi dan Alex Rins di MotoGP Austin.

Menjelang akhir, Rins sukses mengasapi Valentino Rossi. Ini sekaligus menjadi kemenangan pertama Suzuki di MotoGP sejak 2016.

 

Klasemen MotoGP

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins mengangkat trofi usai memenangkan balapan MotoGP Austin di Circuit of The Americas (COTA), Senin (15/4/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Eric Gay)
1 Andrea Dovizioso - Mission Winnow Ducati  54
2 Valentino Rossi - Monster Yamaha 51
3 Alex Rins - Suzuki Ecstar 49
4 Marc Marquez - Repsol Honda 45
5 Danilo Petrucci - Mission Winnow Ducati 30
6 Jack Miller - Pramac Ducati 29
7 Takaaki Nakagami - LCR Honda 22
8 Cal Crutchlow - LCR Honda 19
9 Pol Espargaro - Red Bull KTM 18
10 Fabio Quartararo - Petronas Yamaha SRT 17
11 Franco Morbidelli - Petronas Yamaha SRT 16
12 Maverick Vinales - Monster Yamaha 14
13 Aleix Espargaro - Aprilia 13
14 Francesco Bagnaia - Pramac Ducati 9
15 Joan Mir - Suzuki Ecstar 8
16 Miguel Oliveira - Red Bull KTM Tech3 7
17 Jorge Lorenzo - Repsol Honda 7
18 Andrea Iannone - Aprilia 6
19 Johann Zarco - Red Bull KTM 5
20 Tito Rabat - Avintia Ducati 1
21 Hafizh Syahrin - Red Bull KTM Tech3 0
22 Karel Abraham - Avintia Ducati 0

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olahan Sagu Sentani, Poros Kuliner Terbaik Festival Crossborder Skouw 2019

Posted: 14 Apr 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura Sentani menjadi poros kuliner terbaik bagi Festival Crossborder Skouw 2019. Kota tersebut memiliki kuliner khas Sagu Ouw dan Papeda Bungkus. Ciri khas Sagu Ouw adalah kombinasi manis, asin, hingga gurih. Untuk Papeda Bungkus memiliki karakter khas. Kuliner yang berbahan utama sagu ini memiliki kandungan kalori yang tinggi.

Festival Crossborder Skouw 2019 digelar 9-11 Mei. Lokasinya berada di PLBN Skouw, Jayapura, Papua. Event ini memberikan banyak kesegaran melalui aksi Ras Muhammad, Dave Solution, Vanimo Natives Band asal Papua New Guinea (PNG). Sembari menunggu pesta reggae, wisatawan bisa berkunjung ke Kota Sentani, Jayapura, karena ada beragam kejutan di sana.

Kondisi Kota Sentani sudah normal pasca bencana. Sentani telah bangkit dan menata kembali kehidupan masyarakatnya. Seiring optimisme besar yang digelembungkan, Sentani menawarkan kuliner khasnya. Adalah, Sagu Ouw Sentani dan Papeda Bungkus memiliki cita rasa nikmat. Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani mengatakan, sagu sebagai kuliner utama Papua.

"Kondisi Sentani sudah normal. Dari Festival Crossborder Skouw, wisatawan bisa berkunjung ke sana. Sentani tetap eksotis meski sempat terpapar bencana, apalagi kulinernya. Olahan sagu di Sentani sudah terkenal kelezatannya. Bagaimanapun, sagu ini kuliner utama di Papua," ungkap Ricky, Jumat (12/4).

Untuk zonasi Jayapura, sagu dihasilkan oleh Kampung Koya dan Skouw. Total luasan area hutan sagu sekitar 11.770 Hektar. Pemkab Jayapura bahkan mengembangkan hutan sagu seluas 1 Juta Hektar. Area ini tersebar di Tanah Merah, Nimborang Kemtuk Gresi, dan Kaureh. Ricky menambahkan, Skouw jadi penghasil sagu dengan kualitas prima.

"Skouw ini penghasil sagu dengan kualitas super. Dari Skouw, sagu ini didistribusikan ke berbagai area di Jayapura dan sekitarnya. Begitu sampai di Sentani, bahan baku ini diolah jadi Sagu Ouw dan Papeda Bungkus dengan cita rasa nikmat," lanjut Ricky.

Pengolahan Sagu Ouw unik karena dipanggang di atas tempurung kelapa. Sagu Ouw yang dicampur dengan ikan dan sayuran akan memunculkan cita rasa gurih. Rasa gurih manis akan mucul bila Ouw ini dicampur dengan parutan kepala dan gula merah. Memiliki banyak varian, ada juga Ouw Kempeng. Ini adalah campuran sagu dengan kelapa, jamur, dan sayuran pakis hutan.

"Beragam Sagu Ouw Sentani ini unik dan nikmat. Kuliner ini menjadi representasi kekayaan kuliner di Tanah Papua. Wisatawan harus mencobanya. Jangan sampai kuliner khas ini terlewatkan begitu saja," terang Ricky lagi.

Selain Sagu Ouw, Sentani juga terkenal dengan kuliner Papeda Bungkus. Kuliner ini berupa sagu dingin yang dibungkus daun. Masyarakat Jayapura percaya, menyantap papeda dingin ini bisa membersihkan paru-paru dari berbagai kotoran menempel. Untuk menambah kenikmatan, Papeda Bungkus biasanya disantap bersama ikan gabus rica-rica atau ikan kuah kuning.

"Sagu ini kuliner luar biasa. Kandungan karbohidratnya tinggi. Sagu ini menghasilkan kalori yang besar sehingga bagus untuk energi," katanya lagi.

Kaya karbohidrat, dalam 100 Gram sagu kering setara dengan 355 Kalori. Prosentase karbohidratnya dari sagu hingga 94 Gram. Unsur lainnya 0,2 Gram protein, seratnya sekitar 0,5 Gram, lalu 10 Mg kalsium. Lalu, ada juga 1,5 Mg zat besi hingga lemak, karoten, tiamin, dan asam askorbat. Ricky pun mengatakan, proses panjang harus dilewati untuk menghasilkan sagu berkualitas.

"Besarnya kandungan unsur dalam sagu konon juga dipengaruhi cara pengolahannya. Sebab untuk jadi sagu dibutuhkan proses yang panjang," kata Ricky lagi.

Sagu ini dihasilkan dari teras batang Rumbia (Metroxylon Sagu Rottb). Proses pemanenannya dimulai dengan pemotongan batang. Batang-batang ini lalu dibelah memanjang, lalu bagian tengahnya dicacah. Teras batang ini lalu diambil dan disaring hingga didapatkan patinya. Pati inilah yang diolah jadi tepung sagu atau lainnya.

"Berkunjung ke Papua kurang lengkap kalau tidak mencicipi olahan sagunya. Olahan sagu terbaik saat ini dimiliki oleh Sentani. Variasinya sangat beragam. Silahkan berkunjung kembali ke Sentani sembari menikmati beragam olahan sagu nikmat di sana," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Playoff NBA: Harden Pimpin Rockets Taklukkan Jazz

Posted: 14 Apr 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Houston - Houston Rockets masih terlalu tangguh bagi tamunya, Utah Jazz dalam play off NBA, Senin (15/4/2019) WIB. James Harden dan kawan-kawan tanpa ampun menggilas Jazz dengan kedudukan 122-90.

Harden lagi-lagi menjadi bintang bagi Rockets dengan menyumbang poin terbanyak yakni 29. Di belakang Harden, ada Erick Gordon yang mengantongi 17 poin.

Sementara itu bagi Jazz, Rudy Gobert menjadi pencetak poin terbanyak dengan 22. Donovan Mitchell yang merupakan andalan Jazz hanya berhasil mencetak 19 poin.

Pada babak playoff NBA, Jazz dan Rockets akan saling berduel hingga gim keempat. Rockets masih akan menjadi tuan rumah pada gim kedua play off NBA.

 

Jalannya Pertandingan

Donovan Mitchell gagal membawa Jazz menang dari Rockets (AP)

Rockets langsung tancap gas sejak kuarter pertama. Harden dan kawan-kawan total meraup 31 poin, berbanding 24 poin milik Jazz.

PJ Tucker mengawali torehan poin Rockets pada kuarter pertama lewat tembakan dua poinnya. Setelah sempat tertinggal, tembakan tiga poin dari Harden membuat Rockets berbalik unggul 15-12.

Rockets masih dominan di kuarter kedua. Namun torehan poin mereka turun menjadi 28. Beruntung, jumlah poin yang dipetik Jazz juga turun ke anga 20.

Kuarter ketiga dimulai dengan kedudukan 59- 44 untuk keunggulan Rockets. Di kuarter ini, Jazz mengambil poin lebih banyak, namun belum sanggup mengejar poin Rocktes.

Pada kuarter penentuan, Rockets tampil semakin menggila. Sebaliknya dnegna Jazz yang justru gagal tampil maksimal dengan hanya menambah 19 poin.

Rockets pun menang dengan kedudukan 122- 90.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan karena Saweran, Ini Alasan Baby Shima Senang Manggung di Indonesia

Posted: 14 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menjadi ladang mencari rezeki menyenangkan bagi Baby Shima. Penyanyi asal Malaysia ini ungkap pengalamannya ketika tampil bernyanyi di atas panggung pertunjukan di Indonesia.

Jebolan ajang pencarian bakat Dangdut Academy Asia 3 (DAA3) Indosiar ini baru memulai karier sebagai penyanyi di Indonesia dalam satu tahun ini. "Shima baru juga berkarya di Indonesia sekitar satu tahun lebih," kata Baby Shima dengan logat Melayu kental, beberapa waktu lalu.

Shima pun menceritakan pengalamannya ketika pertama kali manggung off air di Indonesia. Dan hal inilah yang ternyata menjadi alasan Baby Shima lebih suka manggung di Indonesia daripada Malaysia.

"Berbeda banget rasanya ketika bernyanyi di Malaysia dan Indonesia kalau dari segi off air. Shima lebih senang di Indonesia karena penonton di sini lebih enjoy dan komunikatif. Bila kita bernyanyi dia orang pun ikut menari. Jadi, bila kita naik ke atas stage, rasanya wah happy-nya," ungkap Baby Shima dengan dialek Melayunya.

Disawer Malahan Bingung

Penyanyi asal Malaysia, Baby Shima saat mengujungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Baby Shima juga menuturkan pengalamannya ketika pertama kali ia disawer. Awalnya ia sangat bingung untuk apa saweran tersebut karena ia belum mengerti

"First time Shima dapat saweran ketika tampil off air di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ada penonton beri Shima uang tapi Shima tak ambil. Sebab saya belum tahu maksudnya karena di Malaysia tak ada saweran, Akhirnya dikasih tahu sama orang event itu barulah Shima paham maksudnya. Jadi, kalau ada yang ngasih sawer Shima ambil, ha-ha-ha," tutur artis yang sempat digosipkan dekat dengan Sule ini.

Perbedaan Penonton

Penyanyi asal Malaysia, Baby Shima saat mengujungi kantor Liputan6.com, Jakarta, Selasa (1/8). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Baby Shima juga mengaku perbedaan euforia penonton Indonesia dan Malaysia yang sangat jauh. Hal inilah yang membuat Shima sangat senang berada di Indonesia.

"Di Indonesia ini Shima suke betul dengan penontonnya, lebih enjoy dan sangat menikmati. Kalau di Malaysia sendiri tu biasa aja. Jadi kalau ketika Shima nyanyi mereka cuma duduk aja bahkan untuk tepuk tangan pun kadang tak ada. Mereka cuma nonton diam aja, enggak seru lah," sambung Baby Shima.

Bagi Baby Shima, imbal balik dan energi dari para penonton yang melihat ia tampil adalah kekuatan positif. Karena ia baru enjoy tampil bernyanyi ketika memulai karier di Indonesia. Dan juga baginya penyanyi akan merasa sangat terapresiasi dari respons para penonton yang ikut menikmati penampilannya.

Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Utang Luar Negeri Indonesia Capai USD 388,7 Miliar pada Februari 2019

Posted: 14 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertumbuhan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir Februari 2019 tetap terkendali dengan struktur yang sehat. ULN Indonesia pada akhir Februari 2019 tercatat sebesar USD 388,7 miliar yang terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 193,8 miliar, serta utang swasta termasuk BUMN sebesar USD 194,9 miliar.

Posisi ULN tersebut naik 4,8 miliar dolar AS dibandingkan dengan posisi pada akhir periode sebelumnya karena neto transaksi penarikan ULN. Secara tahunan, ULN Indonesia tumbuh 8,8 persen (yoy) pada Februari 2019, meningkat dibandingkan dengan 7,2 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

"Peningkatan pertumbuhan ULN tersebut terutama bersumber dari pertumbuhan ULN pemerintah," ugkap Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko, Senin (15/4/2019).

ULN pemerintah meningkat pada Februari 2019 untuk membiayai sektor-sektor yang produktif. Posisi ULN pemerintah pada Februari 2019 sebesar USD 190,8 miliar atau tumbuh 7,3 persen (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya sebesar 3,9 persen (yoy).

Pertumbuhan ULN pemerintah tersebut terutama dipengaruhi oleh arus masuk dana investor asing di pasar SBN domestik selama Februari 2019, yang menunjukkan peningkatan kepercayaan investor asing terhadap perekonomian Indonesia. Selain itu, pada Februari 2019 Pemerintah juga menerbitkan Global Sukuk, untuk mendukung pembiayaan fiskal dalam kerangka Green Bond dan Green Sukuk.

"Masuknya aliran dana ULN kepada Pemerintah memberikan kesempatan lebih besar bagi pembiayaan belanja negara dan investasi pemerintah," tambah Onny.

 

Sektor Prioritas

Petugas melakukan pengepakan lembaran uang rupiah di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (21/12). Bank Indonesia (BI) mempersiapkan Rp 193,9 triliun untuk memenuhi permintaan uang masyarakat jelang periode Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sektor-sektor prioritas yang dibiayai melalui ULN pemerintah merupakan sektor-sektor produktif yang mendukung pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan masyarakat antara lain sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, sektor konstruksi, sektor jasa pendidikan, sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib, serta sektor jasa keuangan dan asuransi.

ULN swasta tumbuh stabil pada Februari 2019. Posisi ULN swasta pada Februari 2019 sebesar USD 1,3 miliar atau tumbuh sebesar 10,8 persen (yoy), relatif stabil dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya.

ULN swasta sebagian besar dimiliki oleh sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas (LGA), serta sektor pertambangan dan penggalian. Pangsa ULN di keempat sektor tersebut terhadap total ULN swasta mencapai 74,2 persen.

 

Struktur Utang

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Struktur ULN Indonesia tetap sehat. Kondisi tersebut tercermin antara lain dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) tercatat 36,9 persen pada akhir Februari 2019, relatif tidak banyak berubah dari bulan sebelumnya dan masih berada di kisaran rata-rata negara peers.

Selain itu berdasarkan jangka waktunya, struktur ULN Indonesia pada akhir Februari 2019 tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang yang memiliki pangsa 86,3 persen dari total ULN. Dengan perkembangan tersebut, meskipun ULN Indonesia mengalami peningkatan, namun struktur ULN Indonesia tetap sehat.

"Bank Indonesia dan Pemerintah terus berkoordinasi untuk memantau perkembangan ULN dan mengoptimalkan perannya dalam mendukung pembiayaan pembangunan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian," tegas Onny.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Kosta Rika Minta Navas Tinggalkan Real Madrid

Posted: 14 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Timnas Kosta Rika, Gustavo Matosas, minta Keylor Navas meninggalkan Real Madrid. Menurut dia, kiper sekelas Navas tak pantas duduk di bangku cadangan.

Navas punya karier yang sukses di Real Madrid. Ia telah memenangi 11 gelar, termasuk empat trofi Liga Champions, sejak merapat ke Santiago Bernabeu pada 2014.

Namun, Navas kehilangan posisi utamanya di Real Madrid sejak kedatangan Thibaut Courtois pada awal musim ini. Navas juga hanya jadi cadangan saat Madrid melawan Huesca, karena Pelatih Zinedine Zidane lebih memilih anaknya, Luca Zidane, di bawah mistar.

Menurut Matosas, apa yang terjadi pada Navas di Bernabeu sangat mengecewakan. Ia pun berharap mantan kiper Levante itu angkat kaki dari Madrid.

 

 

Komentar Matosas

(AFP/Gabriel Bouys)

"Saya ingin Keylor bahagia dan ketika dia tidak bermain, ini adalah waktu yang sulit. Dia adalah penjaga gawang yang hebat dan tidak ada yang mengerti mengapa dia tidak bermain. Dia telah memenangkan tiga gelar Liga Champions dan pantas menjadi starter," kata Matosas di Soccerway.

"Tim nasional membutuhkannya untuk bahagia dan saya tahu bahwa, sebagai pria yang cerdas, dia akan membuat keputusan terbaik untuk masa depan olahraga," Matosas menambahkan.

Statistik Navas

Musim ini, Navas telah membela Madrid dalam 17 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga mencatatkan lima clean sheet.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandra Dewi Beradu Akting dengan Agus Ringgo di Miniseri Supir dan Majikan

Posted: 14 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sandra Dewi comeback ke dunia akting. Kali ini lewat miniseri Supir dan Majikan yang ditayangkan SCTV. Inilah tayangan terbaru yang digarap Sinemart Production. 

Setelah hamil dan melahirkan ini kali pertama Sandra Dewi berakting di sinetron. Dan, kali ini rumah produksi kondang itu memajang akting Sandra Dewi beradu dengan Agus Ringgo.

Supir dan Majikan diramu dengan drama komedi segar. Cerita miniseri ini ditulis oleh Hilman Hariwijaya. Dan disutradarai oleh Desiana Larasati. 

Dan, episode perdana miniseri Supir dan Majikan ditayangkan Minggu (14/4/2019) pukul 15.55 WIB, setiap hari. 

Para Pemain

Adegan miniseri Supir dan Majikan (Sinemart)

Berikut daftar pemain miniseri Supir dan Majikan serta nama perannya.

SANDRA DEWI                         sebagai    AUDI

AGUS RINGGO                         sebagai  HABIBIE

SALSHABILLA ELOVII                sebagai  STELLA

ADIPURA                                 sebagai    FIRDAUS

ALICE NORIN                           sebagai    LANI

DIDI RIYADI                            sebagai    ROY  

DHINI AMINARTI                      sebagai  LISA

CELINE EVANGELISTA               sebagai   EVA

MIEKE WIJAYA                         sebagai    NENEK MELATI

RASYID KARIM                         sebagai   KAKEK HANS

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drawing Babak 8 Besar Piala Indonesia 2018 Digelar Hari Ini

Posted: 14 Apr 2019 09:15 PM PDT

Jakarta - Piala Indonesia 2018 telah memasuki babak delapan besar. Acara pengundian fase 8 besar ini dilakukan di Hotel Century, Jakarta, Senin (15/4/2019), mulai jam 14.30 WIB.

Delapan tim yang akan masuk undian alias peserta fase 8 besar Piala Indonesia 2018 adalah PSM Makassar, Persebaya Surabaya, Bali United, Bhayangkara FC, Persija Jakarta, Borneo FC, Madura United, dan Persib Bandung.

Nantinya pengundian ini akan jadi yang terakhir karena setelah babak 8 besar, fase-fase selanjutnya, yakni semifinal dan final Piala Indonesia 2018, tidak akan ada pengundian lagi. Mulai fase 8 besar ini, pertandingan dimainkan dengan sistem kandang-tandang.

Hanya, belum jelas apakah saat pengundian nanti, PSSI juga menyertakan jadwal pertandingan fase 8 besar, mengingat hingga Minggu malam (14/4/2019) belum ada jadwal pertandingan fase 8 besar yang sudah dirilis PSSI.

 

Tiket ke Piala AFC

Selebrasi Irfan Jaya usai membobol gawang Persib pada laga lanjutan Piala Presiden 2019 yang berlangsung di Stadion Jalak Harupat, Kab Bandung, Kamis (7/3). Persib Bandung kalah 2-3 kontra Persebaya Surabaya. (Bola.com/M.Iqbal Ichsan)

Pada laga final sekaligus penutupan Piala Indonesia 2018, akan diumumkan serta diberikan penghargaan individu, seperti pemain terbaik, top scorer, serta tim fair play.

Sesuai yang dijanjikan PSSI, pemenang Piala Indonesia 2018 bisa mewakili Indonesia tampil di Piala AFC 2020.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Harga BBM Pertamina, Total dan Shell pada Pertengahan April

Posted: 14 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi pada pertengahan April 2019. Sementara PT Pertamina (Persero) t‎idak mengubah harga BBM nonsubsidi

Pantauan Liputan6.com, di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 31.127.02, Kawasan Kapten Tendean Jakarta, Senin (15/4/2019), harga Pertamax 92 dijual Rp 9.850 per liter, Pertamina Dex 11.700 per liter.

Sedangkan Pertamax Turbo 98 dikutip dari situs resmi Pertamina Rp 11.200 per liter. Harga ini tidak berubah, dari pantauan yang dilakukan awal April 2019.

Untuk harga BBM nonsubsidi yang dijual pada SPBU Shell‎ di kawasan  Tendean, Jakarta. BBM jenis Super dibanderol Rp 10.350 per liter, V-Power Rp 11.450 per liter dan Diesel Rp 12.400 per liter.

Harga BBM tersebut mengalami kenaikan, dibanding pantauan harga periode ‎awal April 2019, dari sebelumnya Super dijual Rp 10.250 per liter,  V-Power Rp 11.250 per liter dan Shell Diesel Rp 12.300 per liter‎.

Selain Shell, Total juga memutuskan untuk menaikkan harga BBM-nya. Pantauan pada SPBU Total di kawasan Tendean Jakarta, perusahaan minyak asal Prancis tersebut menjual BBM jenis 

‎Performance 92 Rp 10.300 per liter, Performance 95 Rp 11.400 per liter dan Performance Diesel Rp 12.350 per liter.

Harga BBM pertengahan ‎April tersebut naik, dari pantauan harga periode awal April. Sebelumnya BBM jenis Performance 92 dijual Rp 10.200 per liter, Performance 95 Rp 11.200 per liter dan Performance Diesel Rp 12.100 per liter.

 

Daftar Harga

Aktivitas pengisian BBM di SPBU Cikini, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar harga BBM Pertamina, Shell dan Total per awal April 2019:

Pertamina:

Pertamax Turbo Rp 11.200 per liter 

Pertamax Rp 9.850 per liter 

‎Pertamina Dex Rp 11.700 per liter

Shell :

Super Rp 10.350 per liter

V-Power Rp 11.450 per liter 

Diesel Rp 12.400 per liter.

Total:

Performance 92 Rp 10.300 per liter

Performance 95 Rp 11.400 per liter 

Performance Diesel Rp 12.350 per liter.

Pertamina, Shell dan Total Kompak Tahan Harga BBM di Awal April

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax Cs akibat terus meningkatnya harga minyak dunia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

PT Pertamina (Persero), PT Shell Indonesia dan PT Total Oil Indonesia, kompak tidak mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi pada awal April 2019.

Pantauan Liputan6.com, di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 31.127.02 di kawasan Kapten Tendean, Jakarta, Selasa 2 April 2019,  BBM jenis Pertamax Turbo dibandrol Rp 11.200 per liter, Pertamax Rp 9.850 per liter Pertamina Dex Rp 11.700 per liter‎. Harga tersebut tidak berubah sejak 10 Februari 2019.

Menahan harga BBM non subsidi pada awal April 2019 juga dilakukan Shell. Berdasarkan pantauan pada SPBU Shell kawasan Kapten Tendean, per 2 April 2019, perusahaan minyak asal Belanda tersebut menetapkan harga BBM jenis super di jual Rp 10.250 per liter.

Kemudian Harga BBM V-Power Rp 11.250 per liter dan Shell Diesel Rp 12.300 per liter.‎ Harga tersebut tidak berubah, dari pantauan harga yang dilakukan pada pertenghan Maret 2019.

Mengikuti keputusan Pertamina dan Shell, Total pun menahan harga BBM pada periode awal April 2019.

Pantauan di SPBU Total di kawasan Kapten Tendean. Perusahaan minyak asal Prancis tersebut menjual BBM jenis Performance 92 Rp 10.200 per liter, Performance 95 Rp 11.200 per liter dan Performance Diesel Rp 12.100 per liter.

‎Harga tersebut tidak berubah dari pantauan harga yang dilakukan pada pertengahan Maret 2019.

 

Daftar Harga

Seorang petugas SPBU mengisi bahan bakar ke salah satu kendaraan di Kuningan, Jakarta, Senin (19/1/2015). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Pertamina:

Pertamax Turbo Rp 11.200 per liter

Pertamax Rp 9.850 per liter

‎Pertamina Dex Rp 11.700 per liter

‎Shell:

Super Rp 10.250 per liter

V-Power Rp 11.250 per liter

Shell Diesel Rp 12.300 per liter

Total:

Performance 92 Rp 10.200 per liter

Performance 95 Rp 11.200 per liter

Performance Diesel Rp 12.100 per liter

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waktu Nyoblos Habis, PPS Wajib Layani Pemilih yang Sudah Antre dan Terdaftar

Posted: 14 Apr 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemilu Serentak 2019 akan dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019. Para pemilih, datang mencoblos pukul 07.00 hingga 13.00 WIB.

"Memilih dari pukul 07.00-13.00 WIB," kata Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (15/4/2019).

Namun, kata Novida, jika batas waktu sudah habis dan masih banyak antrean, maka panitia pemungutan suara (PPS) wajib melayani.

"Apabila sampai jam 13.00 WIB ternyata masih banyak antrean dan sudah mendaftar di TPS dan sudah masuk C7, maka mereka wajib dilayani," kata dia.

Sementara, para pemilih khusus (DPK) baru bisa dilayani pada pukul 12.00-13.00 WIB.

"BPK mereka pagi datangnya, tapi baru dilayani pukul 12.00 WIB," kata Novida.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Ahok Marah-Marah di TPS Osaka Jepang

Posted: 14 Apr 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beredar sebuah video Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sedang marah-marah di Tempat Pemilihan Suara Osaka Jepang hari Minggu (14/3).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Hijab Outfit Kece ala Nissa Sabyan dan Jihan Fahira

Posted: 14 Apr 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nissa Sabyan tidak hanya berhasil mencuri perhatian publik lewat skill vokal yang apik, tetapi juga penampilan nan stylish. Pemilik nama lengkap Khoirunnisa ini kerap membagikan outfit yang dikenakan melalui akun Instagram pribadi.

Salah satu gaya terbaru yang diunggah Nissa Sabyan adalah ketika dirinya berpose bareng pesinetron yang populer di era 2000-an, Jihan Fahira. Di kolom keterangan potret, ia hanya menyertakan tulisan "Salam".

Potret itu mengabadikan kebersamaan Nissa dan Jihan yang tengah menghadiri sebuah acara. Nissa tampil cantik dengan mengenakan atasan lengan panjang hitam berpadu outer warna senada dengan ragam corak warna biru.

Nissa Sabyan juga terlihat mengenakan hijab hitam, kulot dan tas tangan berwarna senada. Tak ketinggalan, vokalis grup Sabyan Gambus ini juga mengenakan aksesori double necklace, serta sneakers putih.

Gaya Jihan Fahira

Jihan Fahira (Deki Prayoga/Fimela.com)

Jihan Fahira dan Nissa Sabyan kompak mengenakan hijab hitam, namun Jihan melengkapinya dengan ciput berwarna senada. Istri Primus Yustisio ini juga memakai atasan hitam yang dibalut jaket bercorak army.

Penampilan kece Jihan dipadu bersama pleated long skirt warna beige. Seperti Nissa, ibu tiga anak ini juga mengenakan sneakers putih yang membuat penampilannya tak hanya apik, tetapi juga terkesan santai.

Polesan makeup natural pun dipilih Jihan dalam kesempatan ini. Namun, ia memberikan sedikit kesan bold dengan penggunaan lipstik merah yang menyeimbangkan penampilan kasualnya.

Inspirasi Gaya ala Nissa Sabyan

Nissa Sabyan (dok. Instagram @nissa_sabyan)

Inspirasi penampilan ala Nissa Sabyan juga dapat disimak lewat potret di atas. Kala itu, ia tengah menyanyi bareng Nagita Slavina dalam balutan sweater putih yang dipadukan dengan overall denim.

Nissa Sabyan mengenakan hijab hitam dan kacamata dengan bingkai warna senada. Vokalis berusia 19 tahun tersebut melengkapi penampilan dengan sneakers yang membuatnya tampil simpel, namun tetap stylish.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Efektif Buat Cewek Menangis Ala Netizen Ini Kocak, Tega Nih?

Posted: 14 Apr 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang cara efektif membuat cewek menangis ialah sakiti hatinya. Cara tersebut memang benar, karena cewek mengutamakan perasaannya dalam bertindak. 

Namun ternyata ada cara lebih efektif membuat cewek menangis. Cara tersebut bisa dilakukan kapanpun oleh para cowok. Cara tersebut sangat ampuh dan terbukti akan membuat cewek yang menjadi target kamu buat menangis benar-benar menangis.

Cara membuat cewek menangis ini dibuat oleh para netizen melalui cuitan 'cara gampang buat cewek menangis'. Cuitan tersebut kemudian viral dan banyak yang memberi saran bagaimana cara yang pas membuat cewek menangis tanpa mematahkan hatinya. Kesensitifan cewek akan sangat terasa ketika kamu melakukan 5 hal yang menurut netizen ini efektif buat cewek menangis.

Terlansir Liputan6.com, Senin (15/4/2019) terangkum 5 cuitan tentang cara bikin cewek menangis dari berbagai cuitan di Twitter, tega nih?

1. Patahin Lipstiknya

cewek menangis (sumber: twitter.com/akbardinoel)

Cara efektif pertama membuat cewek menangis ialah patahkan lisptiknya. Cara ini terbukti efektif karena lipstik tidak bisa dilepaskan dari kehidupan cewek milenial. Seperti diketahui cewek milenial kini tidak bisa keluar tanpa makeup. Selalu harus fashionable. 

2. Kasih kecoa di tasnya

cewek menangis (sumber: twitter.com/zaqtahta)

Cara selanjutnya ialah dengan taruh kecoa di tasnya. Bukan rahasia lagi bahwa cewek sangat takut dengan keca. Jadi tarulah kecoa, niscaya cewek tersebut berteriak bahkan menangis. Tangisan cewek akan begitu mender-deru saat mendapati kecoa berada di tasnya.

3. Kamu gemukan deh!

cewek menangis (sumber: twitter.com/iamdafr)

Salah satu topik bahasan yang membuat cewek merasa sensitif ialah dibilang gemuk. Hal ini dikarenakan berat badan sangat penting bagi cewek. Bahkan gara-gara dibilang gemuk efeknya akan sangat luar biasa. Cewek bisa tidak doyan makan, bahkan bisa saja cewek tersebut menangis sangat lama, karena dibilang gendut. 

4. Nikah sama ibunya

cewek menangis (sumber: twitter.com/lezanoyuz)

5. Buang Alat Makeup

cewek menangis (sumber: twitter.com/gentafebrysiaaa)

Cewek milenial sekarang tidak bisa hidup tanpa makeup. Makeup yang harganya tidak murah ini memang menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki cewek milenial. Akan terasa menyedihkan apabila kamu tiba-tiba membuang makeupnya. Marah, kecewa sampai menangis akan dilakukan cewek tersebut.

Itulah 5 cara efketif membuat cewek menangis. Jadi kalau kamu tega, kamu akan melakukan cara keberapa?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenang Perjalanan Kawasaki Ninja 250 di Indonesia

Posted: 14 Apr 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya Kawasaki Ninja 250 di tahun 2008 silam membawa angin segar bagi para pecinta motor sport. Saat itu, ia adalah satu-satunya yang dilengkapi mesin 250cc dua silinder. Sedangkan, pabrikan lain sibuk menjual motor backbone atau sport 150cc.

Tapi sebetulnya kelahiran Ninja 250 di 2008, bukanlah yang pertama. Di negara asalnya, motor fairing Kawasaki bermesin 250cc sudah diluncurkan sejak 1987. GPX250R lah yang pertama kali menyisipkan label ninja, di motor kelas itu. Tapi motor ini tak masuk secara resmi ke Indonesia. Makanya wajar jika masyarakat menganggap generasi pertamanya lahir di 2008.

Mengacu pada sudut pandang pasar Indonesia, lahirnya Ninja 250 tak lepas dari peran Ninja 150cc dua-tak. Motor yang terkenal lantaran performa liarnya, saat itu disediakan dalam beragam varian berbeda. Dari mulai bergaya naked, hingga varian RR yang menggunakan full fairing.

Varian RR inilah yang dapat dianggap cikal bakal kelahiran Ninja 250-'Dua Setengah.' Tak main-main, teknologi Super KIPS yang terasa mulai di 7.000 rpm, memberikan sentakan yang mengerikan. Sistem ini bekerja untuk mengatur buka-tutup katup agar tenaga tak terbuang sia-sia. Suara melengking khas dua-tak keluar saat Anda menarik gasnya penuh. Seiring berjalannya waktu, barulah PT Kawasaki Motor Indonesia mengeluarkan Ninja 250 untuk memberikan opsi motor sport empat-tak, dengan kapasitas mesin lebih besar. Berikut perjalanan Ninja 250 di Indonesia:

 

Ninja 250 R (EX 250 J) 2008  

Kawasaki Ninja 250 R (EX 250 J) 2008

Mungkin generasi ini menjadi yang paling mudah diingat. Saat itu kehadirannya merupakan gebrakan besar. Bagaimana tidak, pilihan motor sport hanya terbagi di kelas 150cc atau 400cc ke atas. Bagi masyarakat yang menginginkan moge dengan budget tanggung, mungkin cukup mengganjal. Hanya dua kemungkinan, antara mendapat motor yang kekecilan atau kemahalan. Guna mengisi kekosongan itu, Ninja 250 R (EX 250 J) dihadirkan PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Tampangnya sangat sporty dengan model headlamp menyiku tajam yang khas. Dimensi bodinya pun hampir menyerupai moge sekelas 600cc. Para pecinta motor sport fairing pasti tergiur saat melihatnya. Apalagi di kalangan remaja, seakan mereka mendapat pencerahan untuk bisa mencicipi entry level moge, dengan harga terjangkau. Saat masih pelajar, kami seringkali mendengar kabar "rengekan" siswa sekolah pada orangtuanya untuk meminang motor ini.

Selain tampang revolusioner, urusan jantung pacunya juga merupakan sesuatu yang baru di Indonesia. Mengusung mesin dua silinder 249cc 8-katup, dengan ukuran (Diameter x langkah) 62.0 x 41.2mm. Artinya, ini mesin overbore yang memang diciptakan untuk bermain di putaran atas. Terbukti dengan keluaran tenaga sebesar 31,5 Tk dicapai pada 11.000rpm dan torsi 18.4Nm di 9.750rpm.

Sistem suplai bensin di generasi ini masih mengandalkan karburator. Sehingga tak jarang yang memodifikasi atau mengganti peranti ini. Karena berkonfigurasi dua silinder, suara yang dihasilkan lebih gahar. Khas sekali derumannya. Tapi jujur, akselerasinya kalah jauh dengan adiknya yang bermesin dua-tak.

 

Ninja 250 FI (EX 250 L/M) 2013  

Ninja 250 FI (EX 250 L/M) 2013

 

Beranjak ke 2013, Kawasaki mengubah desain Ninja. Garis bodi, buritan dan tampang depan direvisi. Kali ini ZX series menjadi referensi. Pahatan desain ZX -6R 636 begitu tersimak, yang merupakan moge 600cc Kawasaki. Headlamp depan mengadaptasi model terpisah. Lampu sein depan yang tadinya mencuat dengan batang plastik, kini dipindahkan menyatu dengan fairing. Selain lebih sporty, motor terlihat lebih apik. Begitupun di belakang, stoplamp menggunakan mika baru dengan ukuran lebih besar.

Tak hanya bersolek, bagian jantung pacu ikut diubah. Memang bukan ubahan besar. Secara teknis, semuanya sama persis. Pun output tenaga yang dihasilkan. Tapi, guna memberikan efisiensi, karburator yang sebelumnya tertanam digantikan dengan sistem injeksi. Otomatis, mereka yang gemar modifikasi agak kesulitan mengubah setelan sektor ini. Satu lagi yang membedakan, generasi ini memiliki pilihan rem dengan ABS atau non-ABS.

Ninja 250SL (BX250A) 2014

Setahun setelah generasi kedua diluncurkan, Kawasaki menambah jajarannya dengan merilis Ninja 250 SL. Perlu diketahui, perannya bukan menggantikan, melainkan melengkapi. Walaupun berlabel Ninja, sebetulnya ia berkode BX, bukan EX seperti Ninja lainnya.

Desain keseluruhan motor ini memang mirip-mirip. Tapi satu perbedaan mendasar yang sangat krusial, mesin 250cc-nya berkonfigurasi satu silinder saja. Menuai pro-kontra, namun memang pamornya tak sebaik yang dua silinder. Padahal, dibanderol lebih murah ketimbang kakaknya. Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, 250 SL cukup layak dipinang. Mesinnya masih mampu memproduksi tenaga 27,5 Tk dan torsi 22,6 Nm yang berarti tergolong baik.

 

All New Ninja 250 (EX250) 2018  

Kawasaki Ninja 250 punya dua warna berbasis silver dan hitam (Young Machine)

 

Terakhir, model terbaru yang hingga kini masih eksis di Indonesia. Mulai dikenalkan 2017, pada ajang Kawasaki Bike Week. Ubahan mulai tersimak dari desainnya. Di depan, penggunaan headlamp terpisah masih dipertahankan. Namun tarikan garisnya berbeda. Jauh lebih agresif dan intimidatif. Tak hanya itu, tangkinya lebih ramping yang berdampak pengurangan kapasitas daya tampung menjadi 14 liter.

Rangka yang digunakan juga baru, konstruksi twin spar yang sama seperti Ninja H2, menopang mesin 249cc dua silindernya. Terdapat beberapa ubahan, walaupun basisnya masih diwariskan generasi sebelumnya. Beberapa komponen dan peletakan yang diganti ternyata berbuah manis. Tenaga maksimal sebesar 39PS di 12.500rpm dan torsi 23,5Nm di 10.000rpm mampu diproduksi, berkat racikan baru teknisi Kawasaki. Meningkat signifikan dari generasi sebelumnya.

Pada ajang Indonesian Motorcycle Show (IMOS) 2018, versi pembenahan fitur dirilis. Ada tipe berimbuh kunci canggih. Sistem berbasis remote ini memungkinkan akses motor tanpa perlu menggunakan anak kunci. Selain lebih praktis, keamanan juga jadi berlipat.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pusat Pelatihan Esports Pertama di Indonesia Ada di BSD

Posted: 14 Apr 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pusat pelatihan esports pertama di Indonesia dibuka di kawasan The Breeze BSD, Kabupaten Tangerang. Nantinya, arena yang digawangi NXL eSport Center itu bakal menjadi pusat pelatihan para atlet Sea Games 2019.

"Ini salah satu tempat yang kami rekomendasikan, pasti. Kan saat kami ajukan tempat, kami memilih yang punya spesifikasi khusus untuk para atlet esports," tutur Eddy Liem, Ketua IESPA (Indonesia Esports Association) saat ditemui di daerah BSD.

Sebab, untuk menentukan suatu tempat bisa jadi pusat pelatihan atlet itu, bukan didasari hanya karena komputer yang dipakai kencang. Melainkan ada hal lain yang menunjang atletnya, seperti lingkungan memadai, tidak begitu bising dan memiliki berbagai fasilitas untuk latihan fisik sang atlet.

"Mereka juga perlu latihan fisik, seperti olahraga fisik, agar saat pertandingan mereka tetap memiliki stamina prima dan fokus di jam-jam terakhir," tutur Eddy.

Sementara, Eddy menuturkan baru NXL eSport yang direkomendasikan pihaknya ke pemerintah agar dijadikan pusat pelatihan atlet esports.

 

Mewadahi Para Gamers

NXL eSport Center. Liputan6.com/Pramita Tristiawati

Lalu, NXL eSport Center sendiri--menurut sang CEO yang juga pernah menjuarai ajang esport internasional, Richard Permana--adanya NXL sebenarnya hanya untuk mewadahi para gamers.

Langkah ini dilakukan sebagai wadah bagi para gamer esports, mengingat perkembangan esports saat ini cukup pesat dan menjanjikan di Indonesia.

"Kami punya fasilitas NXL dari A sampai Z akan ada di situ, mulai sejarah NXL dari 2005 sampai 2019 dan bagaimana perjuangan kami menjadi pioner esports di Indonesia," kata Richard.

Memang, fasilitas untuk para gamers digital ini sangat mumpuni. Seperti tersedianya sekitar 10 komputer dengan kursi yang nyaman, di dalam ruangan berpendingin udara dan saling berhadapan.

Lalu ada juga ruangan yang dikhususkan untuk para gamers yang asik menggunakan smartphone dalam bermain gim, lengkap dengan earphone canggih. Dan ada ruangan untuk berdiskusi mengenai strategi memenangkan gim.

 

Fans Bisa Datang ke NXL eSports Center

NXL eSport Center. Liputan6.com/Pramita Tristiawati

Bukan hanya mumpuni untuk para atlet esports, para pengunjung baik itu fans, maupun gamers yang ingin merasakan bermain esports bisa datang ke NXL eSports Center.

"Memang dibuka untuk umum, silahkan yang mau coba," kata Richard.

Sementara, Sinarmas Land menunjangnya dengan jaringan internet yang di-up melebihi dari yang ada saat ini.

"Ke depannya NXL eSports Center menjadi bagian atau komunitas dari Digital Hub, makanya kami menyambut baik adanya komunitas esports di sini," tutur Irawan Harahap, Head of Digital Hub Project Sinar Mas Land.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: