Sabtu, 13 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Beri Kuliah Umum di Cornell University AS, Sri Mulyani Naik Pesawat kelas Ekonomi

Posted: 13 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesederhanaan selalu ditampilkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Tak terkecuali dalam memilih sarana transportasi saat bepergian ke luar negeri.

Saat akan memberikan kuliah umum di Cornell University Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu, Sri Mulyani memilih untuk menggunakan pesawat kelas ekonomi.

Dikutip dari unggahan Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Minggu (14/4/2019), Sri Mulyani tengah duduk di kabin pesawat kelas ekonomi sambil membaca.

Diketahui Sri Mulyani sedang menyiapkan seminar dengan topik Industry 4.0 and Human Capital Development.

 

Unggahan Nufransa

Menteri Keuangan Sri Mulyani naik pesawat kelas ekonomi ketika akan memberikan kuliah umum di Cornell University. (Facebook)

dalam unggahan tersebut, Nufransa menulis bahwa Menteri Keuangan Sri Mullyani selalu melakukan pengecekan terhadap berbagai kesiapan. Berikut unggahan tersebut:

"Dalam setiap kegiatan, sudah menjadi kebiasaan Menkeu Sri Mulyani Indrawati untuk melakukan pengecekan terhadap berbagai kesiapannya, termasuk bila ada speech/pidato/kuliah/seminar yang harus beliau sampaikan.

Yang selalu menjadi perhatian beliau adalah agar dalam setiap hal yang disampaikan selalu connect dengan para audience/hadirin. Ini tentu saja perlu disiapkan dengan matang, karena walaupun acaranya bersifat nasional atau internasional, berbagai data dan informasi lokal juga harus ditampilkan.

Hari Rabu 10 April 2019, Menkeu SMI memberikan kuliah di Cornell University dengan topik "Industry 4.0 and Human Capital Development". Dalam perjalanan pesawat dari New York menuju Syracuse, beliau sempat memeriksa ulang dan melakukan finalisasi bahan yang akan disampaikan dalam kuliah umum tersebut. Adalah hal yang biasa bagi Tim Kementerian Keuangan menerima perubahan pada menit-menit terakhir dari finalisasi akhir yang beliau berikan.

Hasilnya? Para mahasiswa yang hadir banyak yang antusias untuk mendengarkan dan bertanya baik selama kuliah umum maupun setelah selesai. Pernyataan luar biasa disampaikan oleh faculty member yang menjadi koordinator acara tersebut. Mereka menyampaikan kepada kami bahwa yang disampaikan oleh Menkeu SMI yang luar biasa dan memperlihatkan pengalaman beliau yang andal secara teori dan praktek. Disampaikan juga bahwa sangat jarang seorang pembicara di Cornell University yang menyampaikan suatu pengambilan kebijakan berdasarkan pertimbangan praktis, akademik dan juga politik. Suatu kebanggaan bagi kami yang mempunyai Menteri seperti beliau."

 

Tanggapan Netizen

Menkeu Sri Mulyani memberi sambutan saat seremonial pembangunan Kantor Pusat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Selasa (2/4). Gedung Indonesia Financial Center diperuntukkan bagi OJK dan Kementerian Keuangan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Netizen pun ramai menanggapi unggahan tersebut:

Agustini Tridasanti: "Wah....ibu di kelas Ekonomi? Kagum saya"

Rick Ibrahim: "Terimakasih untuk ibu SMI yg memberikan banyak contoh bemanfaat kpd kita semua dan rakyat banyak...."

Dian Palupi: "Luar biasa.....srikandi Indonesia... bangga..."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bek Paling Tangguh di Piala Presiden 2019

Posted: 13 Apr 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Kota Malang berpesta. Trofi Piala Presidenkembali ke Kota Apel untuk kali kedua. Di final, Arema FC berhasil membungkam Persebaya Surabaya dengan kemenangan agregat 4-2.

Piala Presiden 2019 adalah trofi kedua Arema FC dari empat kali edisi turnamen pramusim ini.

Perayaan juara Arema FC makin semarak ketika dua pemainnya meraih penghargaan individual Piala Presiden 2019. Kapten Hamka Hamzah dipilih sebagai pemain terbaik turnamen, sedangkan Ricky Kayame menjadi pencetak gol terbanyak lewat koleksi lima bersanding bersama Bruno Matos (Persija Jakarta) dan Manuchehr Jalilov (Persebaya).

Terpilihnya Hamka Hamzah sebagai pemain terbaik merupakan kejutan. PSSI sebelumnya merilis enam calon pemain terbaik Piala Presiden 2019, namun tidak ada nama bek berusia 35 tahun tersebut.

Hamka Hamzah juga menjadi satu-satunya seorang bek yang memenangi penghargaan pemain terbaik Piala Presiden. Sebelumnya, pemain yang keluar sebagai best player adalah Zulham Zamrun (gelandang) pada 2015, Adam Alis Setyano (gelandang) 2017, dan Marko Simic (penyerang) 2018.

Termasuk Hamka Hamzah, berikut Bola.com merangkum tiga bek tertangguh di Piala Presiden 2019:

Hamka Hamzah (Arema FC)

Bek Arema FC, Hamka Hamzah. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Status sebagai kapten, pemimpin, dan legenda Arema FC sangat layak diemban Hamka Hamzah. Perannya di lini belakang tim berjulukan Singo Edan ini begitu vital.

Hamka Hamzah adalah pemain utama Arema FC sekaligus kapten tim. Kepemimpinannya di lapangan begitu berpengaruh terhadap permainan Singo Edan.

Berkat duetnya bersama Arthur Cunha di jantung pertahanan, Arema FC hanya kemasukan enam gol sepanjang Piala Presiden 2019.

Arthur Cunha (Arema FC)

Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, beradu cepat dengan bek Arema Malang, Arthur Cunha, pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (18/2). Persib bermain imbang 1-1 melawan Arema. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Ketangguhan lini belakang Arema FC bukan lantaran peran Hamka Hamzah saja. Ada juga pengaruh Arthur Cunha dalam mematikan pergerakan pemain lawan.

Kualitas Cunha sangat teruji di kancah sepak bola Indonesia. Pemain asal Brasil itu telah berkompetisi di Tanah Air sejak 2015.

Cunha merupakan seorang bek bertipikal lugas dan disiplin ketika mengadang pemain lawan. Perpaduan kapasitasnya dengan Hamka Hamzah membuat lini belakang Arema FC makin garang.

Hansamu Yama (Persebaya Surabaya)

Bek Persebaya, Hansamu Yama (kiri) dan Manuchekhr Dzhalilov siap bertarung di Piala Presiden 2019. (Bola.com/Aditya Wany)

Bek tangguh lainnya di Piala Presiden 2019 versi Bola.com adalah Hansamu Yama. Pemain berusia 24 tahun ini punya segala kualitas untuk menjadi pemain belakang yang konsisten.

Permainan disiplin adalah ciri khas Hansamu Yama. Bermodalkan postur tubuh 181 cm, pemain Timnas Indonesia ini juga lihai dalam duel udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masa Tenang Pemilu, KPU: Mantapkan Hati Siapa yang Akan Dipilih

Posted: 13 Apr 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman memberikan pesan khusus kepada pemilih memasuki masa tenang Pemilu, selama tiga hari, mulai 14-16 April 2019. Pemilih diminta untuk merenung dan memantapkan hati sebelum mencoblos pada 17 April 2019.

"Pemilih ini kan sudah mengikuti Pemilu hampir satu tahun. Anda sudah tahu semuanya tinggal Anda merenung sekarang. Memantapkan hati, kira-kira siapa ya yang akan saya pilih," kata Arief di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Dia juga mengingatkan pemilih untuk mengkaji kembali janji para calon pemimpin di Pemilu 2019. Pemilih harus cermat membedakan mana janji yang rasional dan irasional.

"Kemarin dia menjanjikan apa, rasional atau tidak, baik apa tidak. Ke depan sesuai dengan kebutuhan kita apa tidak. Lalu tentukan pilihan Anda," ujar Arief.

Dalam Pemilu 2019, Pilres dan Pileg digelar serentak pada 17 April 2019. Khusus Pilpres, ada dua pasangan capres dan cawapres yang bertarung, yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan Pileg 2019 diikuti oleh 16 partai politik dan empat partai lokal.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka

Pembersihan Alat Peraga Kampanye

Warga menunjukkan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, seluruh alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta mulai dibersihkan pada Minggu (14/4/2019) dini hari.

"Mulai dibersihkan hari ini sejak tengah malam sekitar pukul 00.05 WIB," kata Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Muhammad Jufri, Jakarta, seperti dilansir Antara, Minggu.

Dia mengatakan, pembersihan alat peraga kampanye tersebut dalam rangka menghadapi masa tenang Pemilu 2019. Ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pemilu.

"Untuk Jakarta sendiri dilakukan di semua wilayah dengan titik awal adalah di Bundaran HI dan menyebar ke semua wilayah," ucap Jufri.

Menurut dia, pembersihan alat peraga kampanye tersebut ditargetkan bisa rampung secepatnya. Untuk Minggu dini hari, pembersihan difokuskan pada seluruh jalan protokol di Jakarta.

Berdasarkan pantauan, jalur protokol sepanjang Sudirman-Thamrin, HR Rasuna Said, Menteng Raya dan Jalan Raya Tebet sudah mulai dibersihkan dari alat peraga kampanye yang terpasang dan terpampang di pinggir jalan. Hanya beberapa titik yang masih terpasang APK.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Liga Inggris: MU Raih Poin Penuh

Posted: 13 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Inggris telah memasuki pekan ke-34. Tadi malam sejumlah laga telah digelar dan membuat peta klasemen berubah.

MU mendapat hasil positif dalam lanjutan Liga Inggris. Bermain di kandang sendiri, Setan Merah menaklukkan The Hammers dengan skor 2-1.

Dua gol MU dilesakkan melalui titik putih oleh Paul Pogba. Sementara West Ham membalas melalui Felipe Anderson.

Di laga lain, Tottenham menang atas Huddersfield empat gol tanpa balas. Sekaligus membuat Tottenham mengamankan posisi tiga besar klasemen Liga Inggris.

Berikut hasil lengkap Liga Inggris tadi malam:

 

Hasil Liga Inggris

Logo Liga Inggris

Leicester 0-1 Newcastle

Tottenham 4-0 Huddersfield

Brighton& Hove Albion 0-5 Bournemouth

Burnley 2-0 Cardiff

Fulham 2-0 Everton

MU 2-1 West Ham

Jadwal Liga Inggris

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

20:05 WIB, Crystal Palace vs Manchester City

22:30 WIB Liverpool vs Chelsea

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sosialisasi Ayo Ke TPS 17 April 2019

Posted: 13 Apr 2019 09:15 PM PDT

Seorang pria membagikan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fa

Seorang pria membagikan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fa

Warga menunjukkan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga menunjukkan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria membagikan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fa

Seorang pria membagikan stiker ajakan menggunakan hak pilih pada kegiatan sosialisasi pemilu di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Sejumlah Komunitas mensosialisasikan kegiatan pemilu damai tanpa hoaks dan golput menjelang pelaksanaan pemilu 17 April 2019 mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Fantastis Jenitri Malah Bikin Petani di Kebumen Ketar-Ketir

Posted: 13 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Belakangan, nasib Jenitri asal Kebumen, Jawa Tengah makin moncer saja. Biji keras yang disebut Rudraksha di India asal Kebumen dikenal berkualitas bagus dan sangat diminati pasar ekspor.

Biji jenitri utuh atau yang sudah berupa kerajinan banyak diekspor ke luar negeri. Selain India, peminat jenitri adalah Nepal dan Tiongkok.

Sebagian masyarakat Indonesia, khususnya Kebumen barangkali hanya menganggap Jenitri sebatas biji keras yang cocok untuk beragam kerajinan.

Tetapi, bagi umat Hindu di India, jenitri adalah buah yang dikeramatkan lantaran dianggap sebagai tetesan air mata Dewa Siwa.

Sebab itu, kebutuhan jenitri tak pernah surut. Sebabnya, jenitri menjadi bagian penting ritual budaya dan keagamaan di negara-negara tujuan.

Harganya pun fantastis. Jenitri dijual dengan harga mulai belasan ribu per kilogram hingga dijual per biji. Harga jenitri jenis tertentu dengan motif khusus bahkan bisa mencapai ppuluhan juta rupiah.

Saking larisnya, para pembeli luar negeri bahkan sampai berburu langsung ke Kebumen. Makanya tak aneh jika banyak Warga Negara Asing (WNA) yang bersliweran di kebun-kebun jenitri di pelosok Kebumen.

Pamor jenitri Kebumen adalah berkah bagi petani. Kebun jenitri bisa menjadi penopang kebutuhan rumah tangga. Jika beruntung, petani bahkan bisa memperoleh puluhan hingga ratusan juta rupiah tiap kali panen.

Petani Was-Was Pencurian Jenitri

NG, tersangka pencurian jenitri di Kebumen. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Harga jenitri yang tinggi sekaligus membuat petani di Kebumen was-was. Pasalnya, pemasaran yang mudah dan harga tinggi membuat risiko pencurian jenitri meningkat.

Salah satu korbannya adalah Salimun (40), warga Pandansari Kecamatan Sruweng, Kebumen. Ia mesti gigit jari lantaran biji jenitri yang masih berada di pohonnya yang telah memasuki musim panen digondol maling.

Salimun bukannya tak mengawasi kebunnya. Hanya saja, kebunnya do Desa Somagede Kecamatan Sempor memang jauh dari permukiman penduduk. Secara berkala, ia mengontrol kebun yang berada di perbukitan itu.

Salimun sempat mengecek pohon Jenitrinya di Desa Somagede Kecamatan Sempor pada tanggal 11 Maret 2019 siang. Namun saat ia kembali menengok kebunnya lagi pada tanggal 15 Maret, buah yang belum terlalu tua itu sudah dipanen orang lain.

"Pengakuan korban, jika Jenitrinya dipanen pada kondisi tua, nilainya bisa tembus Rp 100 juta," kata Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno dalam keterangan tertulisnya.

Sepertinya, siapapun akan menangis jika kehilangan barang senilai seratusan juga. Salimun, lantas melaporkan pencurian ini ke Polsek Sempor.

Dari hasil penyelidikan, Unit Reskrim Polsek Sempor dan Sat Reskrim Polres Kebumen akhirnya berhasil menangkap terduga pencuri buah jenitri ini. Polisi juga menyita jenitri saat menangkap tersangka pencurian jenitri, NG (50).

Jenitri Berharga Fantastis, Berapa Duit yang Diterima NG?

"Dari penangkapan itu, tersangka telah mengakui mencuri buah atau biji Jenitri sebanyak kurang lebih 20 ribu butir. Tersangka juga mengatakan jika saat beraksi, ia bersama lima teman lainnya," dia mengungkapkan.

NG telah menerima uang sebanyak Rp 2 juta dari bagi hasil pencurian itu. Uang itu telah digunakan untuk menyicil angsuran sepeda motor serta untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Sehari-hari NG berjualan cobek di Yogyakarta. Namun dia merasa berjualan cobek tak memenuhi kebutuhannya. Ia lantas gelap mata dan nekat menjadi anggota komplotan pencuri jenitri.

Mengenai tersangka NG (50) Warga Desa Karangpule Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen, yang kini terjerat kasus pencurian buah Jenitri yang ditangani oleh Polsek Sempor, ternyata ia adalah seorang penjual penjual "Cobek" yang biasa beroperasi di Yogyakarta.

"Uang yang diterima oleh salah satu tersangka yang kini masih buron, ia gunakan untuk menyicil angsuran sepeda motor dan untuk keperluan hidupnya," kata Kapolsek Sempor IPTU Sugito.

Tersangka dijerat Pasal 362 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman paling lama 5 tahun penjara. Saat ini tersangka masih menjalani pemeriksaan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tagar Jokowi Menang Total Debat di Twitter Jadi Sorotan

Posted: 13 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Debat Pilpres 2019 yang berlangsung kemarin malam, Sabtu (13/4/2019) berlangsung menarik.

Menariknya, meski debat terakhir Pilpres 2019 belum berlangsung, warganet sudah meramaikan ranah media sosial, khususnya Twitter.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, tagar #JokowiMenangTotalDebat menduduki posisi lima besar Indonesia trends di Twitter. Berita ini pun menjadi yang terpopuler.

Berita lain yang tak kalah populer di kanal Tekno Liputan6.com, yakni euforia Konser Putih Bersatu ramai di medsos, dan fakta mengejutkan pengguna media sosial di Indonesia.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Tagar Jokowi Menang Total Debat Ramaikan Twitter

Capres 01 Joko Widodo berlari menyapa pendukungnya saat kampanye akbar bertajuk 'Konser Putih Bersatu' di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/4). Dalam kampanyenya Jokowi mengajak  untuk mencoblos pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf Amin saat Pemilu 2019. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, pada malam hari ini akan menjalani debat terakhir Pilpres 2019.

Debat dijadwalkan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, mulai puul 20.00 WIB.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019), tagar #JokowiMenangTotalDebat menduduki posisi lima besar Indonesia trend di Twitter.

Baca selengkapnya di sini

 

2. Euforia Konser Putih Bersatu Bergemuruh di Ranah Internet

Pendukung pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mulai memadati GBK, Jakarta. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Para pendukung pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, tengah menghadiri acara Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK pada hari ini, Sabtu (13/4/2019).

Tak hanya di GBK, euforia kampanye akbar bertajuk Konser Putih Bersatu ini juga terasa di ranah media sosial.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019), saat berita ini ditulis, tagar #KonserPutihBerSATU menduduki posisi puncak Indonesia trends.

Baca selengkapnya di sini

3. 7 Fakta Mengejutkan Soal Pengguna Media Sosial di Indonesia

Ilustrasi Media Sosial (iStockphoto)

Seiring perkembangan zaman, penggunaan media sosial semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, media sosial saat ini dapat dikatakan menjadi suatu kebutuhan wajib bagi setiap masyarakat karena dengan tanpa adanya media sosial, mereka tidak bisa mengetahui berita-berita atau perkembangan terbaru.

Selain itu, dengan media sosial kita juga dapat bertemu dengan orang-orang yang tidak kita kenal sebelumnya, membantu sesama, atau bahkan memecahkan sebuah kasus.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Editan Foto Ini Bikin Kita Sulit Percaya dengan Media Sosial

Posted: 13 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menunjang unggahan yang menarik, banyak warganet yang kerap mengedit foto mereka sebelum mempostingnya. Namun tak semua orang memiliki kemampuan mengedit foto yang baik.

Tapi, jangan khawatir. Pasalnya saat ini telah banyak master Photoshop yang menawarkan jasa edit foto secara online. Deretan editan foto yang bikin tak percaya lagi dengan unggahan di media sosial, terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni komentar warganet di debat pamungkas capres-cawapres 2019. Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai meme 80 komunitas unik yang meramaikan konser akbar Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Beda Banget, 8 Editan Bikin Enggak Percaya Lagi dengan Foto di Media Sosial

(foto: Kanahoooo)

Salah satu pengguna Weibo dengan username Kanahoooo memiliki kemampuan edit foto dengan sangat baik. Tapi saking bagusnya, hasil editan fotonya justru sangat berbeda dengan aslinya loh.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. Apa Kata Netizen di Debat Pamungkas Capres dan Cawapres 2019?

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ketua KPU, Ketua Bawaslu usai Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Penasaran seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai Debat Pilpres 2019 putaran terakhir? Berikut pantauan tim Citizen6 Liputan6.com, di lini masa Twitter.

Selengkapnya...

 

3. Ngakak, 80 Komunitas Unik Ini Ramaikan Konser Akbar Jokowi-Maruf

Doc: Istimewa

Kampanye akbar pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin digelar siang hingga sore, Sabtu, 13 April 2019, di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Kampanye ini akan melibatkan lebih dari 500 artis Indonesia, tokoh agama, dan pemuka masyarakat. Menariknya, sejak beberapa hari sebelum hari H kampanye akbar, beredar berbagai macam meme komunitas unik.

Selengkapnya...

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Tahun Bom Manchester Berlalu, Ariana Grande Tunjukkan Gangguan Stres Pascatrauma

Posted: 13 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah cukup lama berlalu, bom bunuh diri di Mei 2017 masih menyisakan trauma bagi penyanyi Ariana Grande. Dalam unggahan Instagram stories terbarunya, Ariana memperlihatkan adanya gangguan stres pascatrauma yang dialaminya.

Ariana Grande membagikan hasil pemindaian otaknya beberapa waktu lalu. Dalam fotonya, terlihat perbandingan antara otak yang sehat dengan otak pasien post traumatic stress disorder (PTSD).

"Teman-teman... (ini) otakku," tulis Grande dalam keterangan fotonya seperti mengutip Prevention pada Minggu (14/4/2019). Dia menambahkan, hasil pemindaian tersebut bukanlah lelucon dan menakutkan.

Meskipun tidak jelas apakah peristiwa bom bunuh diri di Manchester Arena, Inggris itu menjadi pemicunya atau bukan, tetap saja kejadian itu mempengaruhi mental musikus berdarah Amerika Serikat-Italia itu.

 

Hasil pemindaian otak Ariana Grande (Prevention/Instagram/@arianagrande)

Mengalami Gangguan Mental setelah Serangan

Ariana Grande menarik diri sejak mantan kekasihnya, Mac Miller meningga dunia pada 7 September 218 lalu. (Angela WEISS / AFP)

Beberapa waktu lalu, Grande dilaporkan menangis tanpa henti dan tidak bicara selama dua hari setelah serangan teroris yang menewaskan 22 orang tersebut. Dia bahkan sempat tidak yakin akan bisa bernyanyi lagi.

"Perasaan ini seperti saya tidak bisa bernapas," kata Grande pada Elle dalam sebuah wawancara Juli 2018 lalu. Menurutnya, kejadian itu sangat tiba-tiba dan membalikkan suasana hatinya secara mendadak.

"Saya selalu mengalami kecemasan, tetapi tidak pernah terjadi secara fisik sebelumnya." Hingga saat ini, pelantun lagu 'Bang Bang' itu masih sulit menceritakan kejadian mengerikan itu.

 

Mempengaruhi Otak

Ilustrasi Otak (iStockPhoto)

Salah satu masalah yang kerap dialami Grande adalah pusing. Ini merupakan salah satu respons fisik dari PTSD. Beberapa gejala klinis lain yang harus diwaspadai pasien gangguan stres pascatrauma adalah mimpi buruk, kecemasan, dan munculnya kilas balik secara tiba-tiba.

Kejadian traumatis seperti bencana alam, kecelakaan, hingga serangan seksual bisa berakibat pada gangguan stres pascatrauma. Kondisi ini memang berpengaruh pada otak seseorang.

Studi di jurnal Dialogues in Clinical Neuroscience menemukan bahwa pasien dengan kondisi ini, memiliki peningkatan respon hormon stres kortisol dan neurotransmitter norepineferin. Mereka juga mempengaruhi beberapa bagian otak seperti amigdala, hippocampus, dan korteks prefrontal otak. Sehingga, pemindaian membuat masalah itu terdeteksi.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: MU Salip Arsenal

Posted: 13 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) kian mendekat ke zona Liga Champions. Kini, Setan Merah, sebutan MU, sudah berada di posisi kelima dalam klasemen Liga Inggris.

Posisi MU di papan klasemen Liga Inggris naik satu peringkat setelah menang 2-1 atas West Ham United di Old Trafford, Sabtu (13/4/2019) malam WIB. Dua gol kemenangan Setan Merah diborong Paul Pogba.

Kemenangan atas West Ham United membuat MU berhasil menggusur Arsenal yang mengamas 63 laga dari 32 pertandingan. Setan Merah hanya tertinggal dua poin dari Chelsea yang berada di posisi keempat.

Selain MU, kemenangan juga diraih Tottenham Hotspur. Klub asal London itu menang 4-0 atas Huddersfirld Town di Tottenham Hotspur Stadium. Empat gol Spurs dicetak Victor Wanyama dan Lucas Moura (tiga gol).

Lihat klasemen Liga Inggris di halaman selanjutnya.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Teatrikal Ajak Masyarakat Tetap Indonesia

Posted: 13 Apr 2019 09:00 PM PDT

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang tergabung dalam Presidium Mahasiswa Bela Rakyat (PMBR) menggelar aksi teatrikal di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/4). Aksi tersebut mengajak agar masyarakat siapa pun pilihannya kita tetap Indonesia. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baim Wong Melanggar Perjanjian dengan Manajemen Artis?

Posted: 13 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari aktor Baim Wong. Ia dituding melanggar kerjasama dengan manajemen artis QQ Production. Tudingan pelanggaran bermula saat QQ Production menawarkan Baim Wong untuk menjadi calon legislatif (caleg) salah satu partai.

Namun, ketika Baim Wong sudah sepakat dan menerima uang, justru pihak QQ Production tidak mendapatkan bagian yang sesuai dengan perjanjian. Karena hal itulah, Astrid selaku CEO dari QQ Production mempermasalahkan kerjasama bersama Baim Wong.

"Saya yang menawarkan di tahun 2018 mulai Januari. Saya secara ini tidak terlalu mengenal Baim, tapi dengan adanya niatan kami lalu ada komunikasi. Dan lucunya, kita bertemu pertama kali di Plaza Indonesia waktu itu bulan Mei, di situlah terjadi komitmen 'Oke Baim sekian-sekian'," kata Astrid saat ditemui di Pasar Festival, Kuningan, Jaksel, Jumat (12/4/2019).

"Besoknya, pagi Baim ketemu dengan orang yang memberikan dana ke Baim. Dua tiga hari saya tanya, 'Baim bagaimana hasilnya?'. Akhirnya dia bilang 'Mereka senang'. Akhirnya saya masuk dan bergabung," sambung Astrid.

Sudah Mempromosikan

(Instagram/baimwong)

Setelah berjalannya waktu dan Baim Wong sudah menerima sejumlah uang, Astrid dihubungi Baim bahwa dirinya mundur tak berminat bergabung menjadi caleg. Yang bikin Astrid kesal, Baim sudah mempromosikan partai tersebut di media sosial.

"Saya tanya lagi, bagaimana komitmen kita? Terus dia bilang 'Mbak, kayaknya saya enggak jadi' tapi fotonya terpampang. Enggak jadi bergabung, tapi dia membohongi kami. Tapi fotonya terpampang di social media. Benar dia tidak caleg, dia mengundurkan diri, tapi dia icon," kata Astrid.

Sesuai dengan perjanjian Astrid dan Baim, seharusnya QQ Production mendapatkan 10 persen dari uang yang didapat oleh Baim sebesar 5 Miliar. Namun yang didapat Astrid hanya sebesar 50 juta saja. Memang, perjanjian yang disebutkan Astrid itu tidak ada hitam di atas putih.

Kesepakatan Lisan

(Instagram/baimwong)

"Baim 20 persen tapi terakhir ditawar sama Baim jadi 10 persen. Iya, berarti 500 juta ya, tapi 50 juta doang yang dikasih. Perjanjiannya kita kesepakatan lisan, karena tahu lah ya yang namanya partai kita perjanjiannya tidak ada yang namanya hitam di atas putih. Belum ya, artinya saat itu masih secara lisan tapi sudah deal-dealan, karena itu memang kerjanya kita. Saya rasa berpegang pada kata-kata di WA terakhir ya," ujar Astrid.

Astrid mengaku sudah menghubungi Baim untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, dari pihak Baim sendiri belum menanggapi Astrid. Astrid berharap, Baim segera menghubungi dirinya untuk membicarakan masalah ini.

"Udah. Tapi nggak ada tanggapan. Peringatan. Kita masih kasih kategori klarifikasi dulu. Jadi kita niatnya masih jauh lebih baik. Tapi kalau nggak bisa ya sudah, kita lanjutkan dengan langkah-langkah hukum. Jadi aturan hukumnya tidak tertulis bukan berarti tidak ada," tutup Astrid.

Hingga kini, belum ada penjelasan dari Baim Wong mengenai hal ini.

Penulis: Sora Soraya/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Nyoblos, WNI di Yordania Tempuh Jarak 200 Km untuk Capai TPS

Posted: 13 Apr 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Amman - Demi menggunakan hak memilihnya dalam Pemilu 2019, warga negara Indonesia (WNI) di Yordania rela menempuh perjalanan panjang dari domisilinya ke tempat pemungutan suara luar negeri di Ibu Kota Amman.

Salah seorang WNI yang bekerja di Kota Ma'an (sekitar 200 km dari ibukota Amman), mengungkapkan kegembiraannya dapat melakukan pencoblosan suara di ibu kota Yordania, yang digelar pada Jumat 12 April 2019.

"Meskipun tinggal jauh dari tanah air, saya senang dapat menggunakan hak pilih saya untuk menentukan masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik 5 tahun ke depan," tuturnya, seperti dikutip dari Antara, Minggu (14/4/2019).

Pencoblosan hari Jumat dilakukan sejak pukul 08.00 pagi waktu setempat. Antrean WNI yang berada di Yordania terlihat memadati TPS 1 dan 2 di Wisma Duta KBRI Amman. Sebagian besar di antara mereka adalah pekerja migran dan mahasiswa.

Proses pemungutan suara di dua TPS diselenggarakan oleh Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) yang terdiri atas unsur KBRI, mahasiswa, dan masyarakat Indonesia di Yordania.

Bentuk antusiasme lain terkait pemilu 2019 juga terlihat dari banyaknya WNI yang masih berdatangan ke lokasi TPS hingga akhir waktu pencoblosan pukul 19.00 waktu lokal. Sebagian dari mereka bahkan harus menempuh perjalanan selama dua jam untuk mencapai lokasi TPS.

Berdasarkan catatan PPLN Yordania, terdapat 1.032 WNI yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) untuk Pemilu 2019 di wilayah Yordania dan Palestina.

Dari jumlah pemilih dalam DPT, tercatat 553 pemilih yang telah menggunakan suaranya, baik melalui TPS, kotak suara keliling (KSK) maupun pos. Dengan demikian, partisipasi pemilih dalam pemilu ini mencapai lebih 50 persen dari DPT sesuai yang ditargetkan KPU Pusat.

Lebih Awal

Simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sesuai peraturan KPU, TPS Luar Negeri diharuskan menyelenggarakan pemungutan suara lebih awal dari pelaksanaan di dalam negeri, yaitu antara tanggal 8-14 April 2019. Sedangkan proses penghitungan suara dilakukan serentak pada tanggal 17 April 2019.

"Penetapan pencoblosan tanggal 12 April di Yordania dilakukan dengan mempertimbangkan jadwal hari libur akhir pekan yang jatuh pada hari Jumat, sehingga WNI lebih leluasa untuk datang ke TPS", demikian disampaikan Ketua PPLN Amman, Miftah Nafid Firdaus.

Pada 10 April 2019, KPPPSLN Yordania melangsungkan pemungutan suara melalui KSK di wilayah kota Aqaba. Untuk menjangkau pemilih yang tidak terjangkau oleh TPS dan KSK, termasuk WNI yang berada di wilayah Palestina, KPPSLN juga telah memfasilitasi pemungutan suara melalui metode Pos.

Dubes RI Amman, Andy Rachmianto menyampaikan apresiasinya kepada PPLN dan KPPPSLN Yordania yang telah menjalankan tugasnya secara bertanggung-jawab dan penuh komitmen sesuai sumpah yang telah diucapkan pada saat pelantikan.

"KBRI Amman akan terus mendukung Panitia Pemilu di Yordania untuk menyelenggarakan rangkaian Pemilu secara tertib dan damai hingga proses penghitungan suara tanggal 17 April mendatang," tegas Dubes Andy.

Selama kegiatan pencoblosan, saksi dari salah satu partai peserta pemilu turut hadir mengawasi jalannya proses pemungutan suara.

Di TPS Arab Saudi, Antrean Pemilih WNI Mengular

Simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ribuan warga Indonesia antusias mengikuti pemilihan umum 2019 dengan berbondong-bondong mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi, Jumat 12 April 2019 waktu setempat.

"Suasana ramai, ribuan WNI memadati KBRI Riyadh. Para WNI terlihat antusias sekali, bersemangat sekali. Walau matahari mulai terasa menghangat," ujar salah satu diaspora Indonesia, Tatang Muhtar (41), yang saat ini tengah bekerja di Riyadh, kepada Antara yang dikutip pada Sabtu (13/4/2019).

Pria yang telah menetap di Riyadh, Arab Saudi selama 21 tahun itu mengatakan antusiasme pemilih kali ini sangat besar.

"Saya sendiri memilih di KBRI Riyadh.Saya datang agak siang, tiba di KBRI Riyadh pukul 09.00 pagi, suasana sudah ramai, antrean berlapis, memanjang hingga 30 meteran," ujar Tatang Muhtar.

Ia mengatakan para pemilih diarahkan untuk masuk melalui pintu layanan keimigrasian, bukan pintu utama.

"Lebar pintu ini sekitar 1 meter. Sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan," kata Tatang Muhtar.

Ternyata, lanjut dia, desak-desakan tidak hanya terjadi di pintu masuk, tapi di sekitar meja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) di ibu kota Arab Saudi itu, yang bertugas mendata ulang pemilih (semacam verifikasi data).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Administrasi, Ini Ciri-ciri dan Tujuannya

Posted: 13 Apr 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fungsi administrasi erat kaitannya dengan pencatatan sebuah notulen bisa menjadi bukti atau sebuah tanda. Banyak definisi mengenai administrasi. Ada beberapa fungsi administrasi secara umum yaitu sebagai perencanaan, penyusunan, kordinasi, laporan, penyusunan anggaran, penempatan dan pengarahan atau bimbingan.

Selain itu fungsi administrasi juga bisa katakan sebagai Queen of Peace. Keributan akan terus terjadi dalam sebuah perusahaan atau bisnis saat administrasi tidak berjalan semestinya. Bayangkan saja jika kamu mempunyai penyusunan surat atau tanda bukti yang tidak rapi dan acak-acakan, maka akan membuat proses pencariaan atau pendataan menjadi lebih sulit.

Sebelum mengetahui fungsi administrasi secara lebih lengkap dan jelas, kamu perlu mengertahui apa itu administrasi. Administrasi adalah sebuah bentuk usaha dan aktivitas yang berkaitan dengan pengelolaan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Jika diartikan lebih sempit lagi, administrasi adalah kegiatan yang mencangkup catat-mencatat, surat menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan lain sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan. Sedangkan menurut Arthur Grage, administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Untuk lebih jelasnya berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai administrasi mulai dari unsur, hingga fungsi administrasi, Minggu (14/4/2019).

Unsur Administrasi

Ilustrasi administrasi (sumber: iStock)

1. Organisasi

Organisasi adalah tempat di mana kegiatan administrasi biasa dilakukan. Dalam bisnis, orang-orang yang bekerja di dalamnya akan dihimpun menjadi sebuah wadah.

2. Manajemen

Manajemen adalah alat utama untuk pelaksanaan administrasi. Di dalamnya terdapat pengatur, penggerak, manajer, dan tenaga operasional.

3. Komunikasi

Administrasi juga memiliki unsur unruk mengatur pola antar departemen.

4. Kepegawaian

Ini berkaitan dengan penggunaan ternaga kerja. Dalam administrasi ada proses yang saling berhubungan, yaitu; penerimaan, penempatan, pendayagunaan dan pemberhentian kerja.

5. Keuangan

Ini berkaitan dengan pembiayaan kontrak kerjasama mulai dari cara memperoleh dana hingga pertanggungjawabannya.

6. Perbekalan

Administrasi ini berhubungan dengan pengadaan barang, penyimpanan, hingga pemusnahan barang. Administrasi akan mendata semua barang yang ada dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

7. Tata usaha

Tata usaha dalam administrasi meliputi berbagai macam pencatatam, penyimpanan, hingga pengiriman.

8. Publik relasi

Administrasi kemudian akan mengatur bagaimana sebuah organisasi atau perusahaan itu berhubungan dengan masyarakat hingga konsumen.

Fungsi Administrasi

Ilustrasi administrasi (sumber: iStock)

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan merupakan kegiatan untuk mengumpulkan data awal, pengolahan data, hingga menyusun rencana, untuk membuat sebuah pekerjaan, atau proyek tertentu.

2. Penyusunan (organizing)

Fungsi administrasi berikutnya adalah menyusun dan membangun komunikasi kerja antara anggota-anggota dalam organisasi sehingga akan tercapai suatu kesatuan usaha untuk mencapai tujuan suatu organisasi atau perusahaan.

3. Pengadaan tenaga kerja (staffing)

Staffing merupakan fungsi administrasi untuk menemukan, menilai, mengevaluasi dan menetapkan hubungan kerja dengan karyawan atau tenaga kerja dan memberhentikannya jika tidak lagi dibutuhkan.

4. Pemberian bimbingan (directing)

Fungsi administrasi berikutnya adalah pemberian bimbingan, memberikan saran-saran, masukan untuk perbaikan suatu kegiatan yang sedang dilakukan agar tugas dapat dilaksanakan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

5. Pengkoordinasian (coordinating)

Fungsi administrasi adalah untuk mengkoordinasi seluruh kepentingan dan tujuan dari organisasi atau perusahaan yang dilaksanakan agar bisa bersatu dan dapat sejalan dengan tempat dan waktu yang sama.

6. Pelaporan (reporting)

Fungsi administrasi sebagai pelaoran adalah memberikan informasi mengenai apa yang telah dilakukan dalam sebuah kegiatan sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban.

7. Penganggaran (budgeting)

Budgeting adalah suatu kegaitan yang mengelola dan perencanaan yang berkelanjutan mengenai keuangan atau anggaran.

Ciri-ciri dan Tujuan Administrasi

Ilustrasi administrasi (sumber: iStock)

Ciri-ciri Administrasi

1. Adanya suatu kelompok atau organisasi yang terdiri dari dua atau lebih.

2. Terdapat kerja sama antar pegawai dan atasan.

3. Terdapat suatu proses atau usaha.

4. Adanya sebuah bimbingan, dalam kepemimpinan dan dalam pengawasan.

5. Dalam sebuah perusahaan, organisasi, atau instansi harus memiliki satu tujuan.

Tujuan Administrasi

1. Administrasi bertujuan untuk memonitoring kegiatan atau data yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi.

2. Agar pengelola usaha bisa mengevaluasi suatu kegiatan-kegiatan dalam pengorganisasian perusahaan.

3. Administrasi bertujuan untuk menyusun suatu program pengembangan usaha dan suatu kegiatan pengorganisasian.

4. Administrasi bertujuan untuk mengamankan data atau catatan atau mengamankan suatu kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.

Itulah pengertian administrasi, hingga ciri-ciri, fungsi, dan juga tujuannya. Di dalam sebuah organisasi, perusahaan, atau instansi, administrasi adalah suatu hal yang penting. Jika tidak ada administrasi maka sebuah perusahaan, organisasi, atau instansi tidak akan berkembang dan tidak tertata.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossi Bakal Habis-habisan di MotoGP Austin

Posted: 13 Apr 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengaku kepercayaan dirinya membumbung tinggi setelah merebut posisi kedua pada kualifikasi MotoGP Austin di Circuit of the Americas (COTA), Minggu (14/4/2019) dini hari WIB. Ini menjadi performa terbaik pemain Itralia itu pada kualifikasi di Amerika sejak Laguna Seca 2009. 

Menurut Rossi, performanya di Austin bahkan jauh lebih bagus dibanding pada MotoGP Argentina dua pekan lalu. Saat itu, The Doctor finis sebagai runner-up. 

Tak heran, Rossi merasa perkasa menghadapi balapan di COTA, Senin (15/4/2019) dini hari WIB. 

"Di Argentina saya sudah merasa bagus. Tapi, hari ini mungkin yang terkuat," kata Rossi setelah kualifikasi, seperti dilansir Crash

"Saya merasa baik dengan motor ini, setelah hari yang aneh. Setelah badai, sulit memprediksi hasil kualifikasi. Untungnya, kondisi trek sangat membaik dan kering dengan cepat," imbuh pembalap yang identik dengan nomor 46 tersebut. 

Rossi untuk kali pertama pada musim 2019 akan start bagi baris terdepan. Dia tak bisa menutupi kegembiraannya. 

"Jelas ini bagus sekali. Sejak Argentina, kami bekerja sangat baik dengan motor, juga ban, pada latihan terakhir saya cukup kuat. Jadi mari kita melihat dan menunggu apa yang terjadi," urai Valentino Rossi. 

Namun, Rossi mau tak mau harus menyadari rekor Marc Marquez di MotoGP Austin sangat berkilau. Dia tercatat selalu memenangi balapan MotoGP Austin. 

Catatan sempurna itu berpeluang diperpanjang Marquez karena akan start dari pole pada balapan MotoGP Austin, tepat di depan Valentino Rossi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPI Minta Lembaga Penyiaran Ikuti Aturan Main di Masa Tenang Pemilu 2019

Posted: 13 Apr 2019 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilu 2019 memasuki masa tenang, mulai hari ini, Minggu (14/4/2019) hingga Selasa 16 April. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun mengingatkan seluruh lembaga penyiaran untuk mematuhi Surat Edaran Nomor 1 tahun 2019 yang telah dikeluarkan pihaknya terkait Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum 2019 di Lembaga Penyiaran.

Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis menyampaikan, aturan pada masa tenang Pemilu tersebut meliputi larangan lembaga penyiaran menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, citra diri peserta Pemilu dan atau dalam bentuk lain yang mengarah pada kepentingan kampanye yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu.

KPI juga melarang lembaga penyiaran untuk menyiarkan kembali debat terbuka peserta pemilu, kegiatan kampanye peserta pemilu, hasil jajak pendapat tentang peserta pemilu dan tidak menyiarkan iklan yang dibuat atau diperankan oleh peserta dan/atau pelaksana kampanye pemilu.

"Kami berharap seluruh lembaga penyiaran mematuhi aturan ini agar kondisi dan suasana damai di masyarakat pada saat masa tenang tidak terganggu. Mari kita memberi ruang untuk masyarakat untuk berpikir dengan tenang dan menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing tanpa tekanan dan pengaruh dari manapun," kata Yuliandre Darwis, Sabtu 13 April 2019 dalam keterangan tertulisnya.

KPI juga mengingatkan seluruh lembaga penyiaran untuk menaati aturan pada saat hari pemungutan suara.

"Seluruh aturan tersebut wajib diikuti lembaga penyiaran yang diatur pada poin C.2 di surat edaran yang dikeluarkan KPI," kata Yuliandre.

 

Aturan

Ketua KPI, Yuliandre Darwis menyampaikan pandangan jelang rilis indeks kualitas program siaran televisi periode II 2016 di Jakarta, Rabu (5/10). Survei dilaksanakan tim dari ISKI dibantu 12 perguruan tinggi di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Aturan tersebut adalah:

C. Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 di Lembaga Penyiaran Publik, Lembaga Penyiaran Swasta, dan Lembaga Penyiaran Berlangganan diatur dengan ketentuan sebagai berikut:

2. Masa Tenang

(1) Lembaga Penyiaran dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, citra diri Peserta Pemilu, dan/atau bentuk lainnya yang mengarah pada kepentingan Kampanye yang menguntungkan atau merugikan peserta Pemilu.

(2) Lembaga Penyiaran tidak menyiarkan kembali debat terbuka peserta pemilu.

(3) Lembaga Penyiaran tidak menyiarkan kembali kegiatan kampanye peserta pemilu.

(4) Lembaga Penyiaran tidak menyiarkan hasil jajak pendapat tentang peserta pemilu.

(5) Lembaga Penyiaran tidak menyiarkan iklan yang dibuat atau diperankan oleh peserta dan/atau pelaksana kampanye pemilu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris: Liverpool Tantang Chelsea

Posted: 13 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laga sengit bakal tergelar dalam lanjutan Liga Inggris nanti malam. Dua klub calon juara, Liverpool dan Manchester City bertekad meraih poin penuh atas lawannya.

Manchester City akan bertanding lebih dulu nanti malam melawan Crystal Palace. Kemenangan bakal membuat City mengkudeta Liverpool dari puncak klasemen Liga Inggris.

Namun keunggulan City di puncak klasemen bisa bertahan hanya sebentar. Pasalnya, Liverpool akan menantang Chelsea tak lama setelah laga City Vs Palace berakhir.

Saat ini Liverpool masih menjadi pemuncak klasemen Liga Inggris dengan koleksi 82 poin. Sementara City hanya tertinggal dua poin.

Berikut jadwal Liga Inggris selengkapnya:

 

Jadwal

Logo Liga Inggris

20:05 WIB, Crystal Palace vs Manchester City

22:30 WIB Liverpool vs Chelsea

Hasil Liga Inggris

Pertandingan Middlesbrough vs Arsenal ini menjadi laga penutup pekan ke-33.

Leicester 0-1 Newcastle

Tottenham 4-0 Huddersfield

Brighton& Hove Albion 0-5 Bournemouth

Burnley 2-0 Cardiff

Fulham 2-0 Everton

MU 2-1 West Ham

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hal yang Dilarang Saat Masa Tenang Pemilu 2019, Ada Sanksi Jika Dilanggar

Posted: 13 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Debat capres dan cawapres 2019 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/04/2019), pukul 19:30 WIB telah berakhir. Ini berarti sudah selesai rangkaian acara yang menjadi ajang salah satu kampanye dan pemaparan visi misi kedua calon serta ini juga berarti telah dimulai masa tenang Pemilu 2019.  

Masa tenang Pemilu 2019 maksudnya adalah masa larangan kampanye atau masa tenang pemilu berupa larangan kampanye politik dalam bentuk apapun sebelum pemilihan presiden atau pemilihan umum atau Pemilu 2019. Masa tenang kampanye dinilai menjadi salah satu langkah bijak yang di lakukan oleh KPU demi menghadirkan pemilu yang damai dan tentram.

Masa tenang kampanye ini secara umum diperkuat dengan ketentuan hukum, meskipun pada beberapa negara hal ini hanya merupakan kesepakatan yang bersifat informal di antara partai. Di Indonesia sendiri KPU menetapkan 14-16 April sebagai masa tenang Pemilu 2019. Para peserta pemilu dilarang berkampanye dalam bentuk apa pun di masa tenang.

Ada beberapa hal yang tidak dibolehkan dilakukan atau dilarang di masa tenang Pemilu 2019 ini, berikut Liputan6.com hal yang dilarang di masa tenang Pilpres 2019, Minggu (14/4/2019).

Masa tenang

Warga menunjukkan contoh surat suara saat simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (10/4). Simulasi pemungutan surat suara dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada 17 April nanti (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dalam UU Pemilu No 7/2017, Pasal 278 UU Pemilu No 7/2017 dijelasskan bahwa, masa tenang berlangsung selama 3 (tiga) hari sebelum hari pemungutan suara. Selama masa tenang, pelaksana, peserta, atau tim kampanye pemilu presiden dan wakil presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih.

1. Tidak menggunakan hak pilihnya

2. Pemilih pasangan calon

3. Memilih partai politik peserta Pemilu tertentu

4. Memilih calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten atau kota tertentu.

5. memilih calon anggota DPD tertentu.

Sanksi bagi pelanggar

Badut berbentuk kotak suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), ondel-ondel, dan marching band ikut meramaikan pawai Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Setiap orang yang dengan sengaja melakukan Kampanye Pemilu di luar jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota untuk setiap peserta pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 276 ayat (2), dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan denda paling banyak Rp12.000.000,00 (dua belas juta rupiah).

Adapun jika merujuk pada Pasal 523 ayat (2) juncto Pasal 278 ayat (2) UU Pemilu, sanksi jika melanggar larangan di atas yaitu pidana penjara paling lama 4 tahun dan denda paling banyak Rp 48 juta.  Melalui PKPU, KPU mengatur tentang larangan berkampanye di media sosial. Larangan itu tertuang dalam Pasal 53 ayat (4) PKPU No 23/2018.

Di masa tenang, akun buzzer terancam diblokir

Surat suara untuk Pilpres 2019 yang akan dilipat di Gudang KPU, Cibinong, Bogor, Kamis (7/3). Libur Nyepi, dimanfaatkan 650 pekerja menyelesaikan tenggat waktu penyortiran dan pelipatan 17 juta surat suara Pemilu 2019. (merdeka.com/Arie Basuki)

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengancam buzzer maupun pengguna media sosial yang melakukan kampanye selama masa tenang dalam platform manapun. terhitung mulai 14 April 2019, segala bentuk kampanye dilarang dilakukan selama masa tenang.

"Setiap orang yang melakukan kegiatan kampanye pada masa tenang, itu tadi, kita akan block dulu, suspend akunnya dulu," ujar Dirjen Aplikasi Informatika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan saat konferensi pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Kemkominfo pun mengimbau semua pihak untuk menahan diri selama masa tenang ini. Supaya tidak ada kampanye terselubung. Platform media yang akan diawasi dari penyalahgunaan kampanye di antaranya Twitter, Facebook, Google, Line, YouTube, sampai platform livestream seperti Bigo Live.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Lakukan 6 Hal Ini Saat Libur? Anda Bakal Susah Sukses

Posted: 13 Apr 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagaimana Anda menghabiskan waktu saat libur akhir pekan? Tahukah Anda, cara menghabiskan waktu libur tersebut dapat menjadi tolak ukur kesuksesan di masa depan.

Melansir laman businessinsider.com, Minggu (14/4/2019), memang kebanyakan orang bekerja selama 5-6 hari dalam sepekan demi menjadi sukses. Tapi waktu libur justru bisa menjadi pertanda kesuksesan Anda.

Anda diprediksi akan sulit menjadi sukses, jika tetap melakukan 6 hal berikut di hari libur:

1. Main ponsel

Saat libur akhir pekan sebaiknya Anda tidak sering-sering memainkan telepon seluler. Matikan juga notifikasi email kerja.

Pastikan rekan kerja di kantor paham bahwa Anda tidak akan merespons. Jangan biarkan diri Anda kecanduan teknologi jika ingin sukses.

2. Tidur sepanjang hari

Mungkin Anda merasa lelah bekerja sehingga perlu beristirahat agar pulih kembali. Atau mungkin Anda terlalu lelah sehingga malas untuk bangun.

Tapi jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu libur untuk tidur, maka hati-hati. Bisa jadi Anda jauh dari kata sukses.

3. Diam di rumah

Banyak orang yang lupa menyenangkan dirinya sendiri saat libur. Padahal Anda bisa pergi bersama teman atau melakukan apa saja yang bisa membuat Anda senang.

Orang yang bahagia akan cenderung lebih mudah meraih kesuksesannya.

 

4. Belanja berlebihan

Jangan mentang-mentang habis dapat tunjangan hari raya (THR) semuanya pengin dibeli, ini tips belanja hemat jelang Lebaran. (Ilustrasi: Pexels.com)

Memiliki pendapatan sendiri memang menyenangkan. Tapi bukan berarti Anda menghabiskan setiap libur akhir pekan dengan berbelanja.

Anda memang perlu menyenangkan diri. Tapi jika Anda menjadi boros dan tak mengenal prioritas, siap-siap untuk jadi terpuruk.

5. Tetap bekerja

Penuh persiapan menyambut Senin sebagai hari kerja tentu hal yang baik. Tapi bukan berarti Anda tetap bekerja di hari libur.

Nikmati libur Anda dan lupakan pekerjaan sejenak.

 

6. Bicarakan pekerjaan

Memperbanyak Diskusi dan Mengurangi Kegiatan Non-akademik Bisa Menjadi Salah Satu Tips Kerjakan Skripsi Cepat. (Sumber Gambar: emersiahotel.com)

Banyak orang yang merasa stres dengan pekerjaan di kantor hingga tetap membahasnya bahkan saat libur akhir pekan. Agar lebih produktif dalam bekerja, penting untuk beristirahat di akhir pekan.

Jadikanlah hari libur untuk menyegarkan pikiran dan bukan membahas soal pekerjaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lupakan Rakitic, Inter Milan Beralih ke Gelandang Manchester City

Posted: 13 Apr 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Inter Milan dilaporkan telah membatalkan rencana mereka untuk merekrut Ivan Rakitic dari Barcelona. Kini, I Nerazzurri telah mengalihkan buruannya.

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, menjadi pemain incaran terbaru Inter Milan. Batalnya rencana menggaet Rakitic, tak lain karena sikap arsitek Barcelona, Ernesto Valverde.

Seperti dilansir Tuttsport, Valverde menegaskan bawah Rakitic sangat diperlukan untuk rencananya musim depan bersama Barcelona. Valverde menolak Rakitic dijual.

CEO Inter Milan, Giuseppe Marotta, langsung membidik kandidat lain. Sebab, klub yang bermarkas di Giuseppe Meazza ini butuh tambahan ideal di lini tengah untuk musim depan.

Direktur Olahraga Inter Milan, Piero Ausilio, mengedepankan nama Gundogan. Pemain internasional Jerman itu telah membuat 42 penampilan untuk Manchester City musim ini.

Gundogan juga sudah menjaringkan lima gol untuk The Citizens musim ini. Biaya transfer Gundogan ditaksir mencapai 40 juta euro.

 

 

Komentar Kontroversial

Gelandang Manchester City, Ilkay Gundogan, masuk daftar beli Inter Milan. (AFP/Paul Ellis)

Mantan pemain Borussia Dortmund itu berkomentar tidak menyenangkan usai City kalah dari Tottenham Hotspur di leg pertama perempat final Liga Champions. Gundogan menuding timnya kurang keberanian, istilah yang sangat tidak disetujui Pep Guardiola, sang manajer.

Kontrak pemain berusia 28 tahun ini berakhir pada Juni 2020. Dia bisa pergi dari City di musim panas nanti.

Jual Perisic

Kesepakatan potensial apapun untuknya dapat didanai Inter Milan dari penjualan Ivan Perisic. Kabarnya, beberapa klub Liga Inggris siap mendatangkan Perisic.

Selain Gundogan, I Nerazzurri juga memburu pemain lainnya. Lorenzo Pellegrini dari AS Roma dan Nicolò Barella dari Cagliari masuk daftar beli Inter Milan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Masa Tenang, APK di Kawasan Lebak Bulus Dibersihkan

Posted: 13 Apr 2019 08:32 PM PDT

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu membersihkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu membersihkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas mencopot alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas mencopot alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu membersihkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu membersihkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas Bawaslu melakukan pencopotan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2019 di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (14/4). Pencoptan yang melibatkan tenaga PPSU ini sebagai tindak lanjut masa tenang Pemilu 2019 hingga hari pencoblosan 17 April mendatang. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Austin: Balapan Seru di COTA

Posted: 13 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Texas- Jadwal MotoGP Austin akhir pekan ini bakal cukup melelahkan bagi pemirsa di Asia. Balapan yang digelar di Circuit of The Americas (COTA) ini bakal digelar pada dini hari.

Balapan seru diprediksi bakal hadir dini hari nanti. Berdasarkan hasil kualifikasi MotoGP Austin, Marc Marquez berhasil meraih pole positions.

Yang menarik, dia akan mendapatkan tantangan dari pembalap Monster Enery Yamaha Valentino Rossi. The Doctor sukses meraih posisi dua di posisi start balapan.

Seperti di seri sebelumnya, Rossi memang terus menunjukkan progres yang baik. Di MotoGP Argentina, dia berhasil meraih podium dua meski tidak start di posisi yang ideal.

Kini, dengan posisi dua saat start, Rossi diprediksi bisa berbuat sesuatu. Marquez terlalu kuat di COTA pada enam musim terakhir, mungkinkah dikalahkan di MotoGP Austin?

 

 

Jadwal MotoGP Austin

Aksi Valentino Rossi di MotoGP Argentina (Juan Mambromata/AFP)

Minggu (14/4/2019)

21:40-22:00 WIB Pemanasan

23:00 WIB Balapan Moto3

Senin (15/4/2019)

00:20 WIB Balapan Moto202:00 WIB Balapan MotoGP

Hasil Kualfikasi

1. Marquez

2. Rossi

3. Cal Crutchlow

4. Jack Miller

5. Pol Espargaro

6. Maverick Vinales

7. Alex Rins

8. Danilo Petrucci

9. Fabio Quartararo

10. Franco Morbidelli

11. Jorge Lorenzo

12. Francesco Bagnaia

13. Andrea Dovizioso

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Mau Golput, Hedi Yunus Ramaikan Kampanye Terakhir Jokowi

Posted: 13 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye putaran terakhir tak disia-siakan masyarakat untuk mendukung paslonnya, termasuk Hedi Yunus. Bahkan, ia rela datang dari Bandung untuk ikut memutihkan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Lantaran tak memiliki baju putih, Hedi Yunus rela memakai kostum yang sempat dipakainya saat manggung pada Jumat (12/4/2019).

Hedi Yunus mengunggah foto dirinya saat berada di antara ratusan orang yang memadati GBK, di Instagramnya.

"Tiba2 aja td malam kepikiran pengen banget datang ke GBK, tanpa persiapan akhirnya tadi pagi saya balik dr Bandung langsung ke senayan. Karena gak bawa baju putih sampe baju yg td malam sy pakai manggung hr ini dipake lagi... seru bangeet...!!" tulisnya sebagai keterangan foto. 

Golput

Hedi Yunus (ist)

Padahal, Hedi Yunus, mengaku sempat tak peduli dengan politik di Tanah Air. Namun, untuk saat ini ia tak mau lagi golput.

"Dari dulu saya termasuk orang yang cenderung masa bodo dengan suasana politik bahkan termasuk golput. Tapi hari ini saya kaget sendiri sampe bisa ikut larut dlm euphoria #01 di GBK," tambahnya.

 

Tak Ada yang Mengajak

Hedi Yunus (Foto: Instagram)

Dalam Instagram, Hedi Yunus juga mengungkapkan kehadirannya di GBK bukan karena paksaan siapapun. Bahkan, tak ada yang mengajaknya ke sana.

"Gak ada yang ngajak, gak ada yang nyuruh, gak ada yg maksa, dan gak ada bayaran. Yakin ini mah karena "keyakinan" dari hati. Ngapain coba panas2an, macet2an, bela2in tadi pagi dari Bandung kalau bukan karena @jokowi ❤. #01," papar pelantun "Suratku" ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI-Polri Gelar Apel Patroli Skala Besar Amankan Pemilu 2019

Posted: 13 Apr 2019 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri dan TNI menggelar apel patroli skala besar di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019). Apel tersebut digelar sebagai bentuk kesiapan dua institusi tersebut dalam menjaga keamanan masyarakat sampai ke tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019.

Patroli keamanan ini akan berlangsung selama masa tenang mulai hari ini hingga pencoblosan Pemilu 2019 pada Rabu 17 April.

"Kita gelar apel pengamanan masa tenang dan pergeseran PAM pos, baik dari Polda maupun Kodam. Kita berikan pesan di masyarakat bahwa Polda dan Kodam siap melakukan pengamanan Pemilu," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di lokasi.

Usai apel, ribuan pasukan gabungan tersebut akan berpencar ke seluruh wilayah di Jakarta dan sekitarnya untuk melaksanakan patroli pengamanan. Selain itu, TNI-Polri juga akan mengawal Satpol PP untuk membersihkan alat peraga kampanye.

"Hari ini kita laksanakan Patroli Tipatra. Gabungan TNI-Polri di sentra-sentra keramaian dan objek vital di Jakarta," ucap Dedi.

6.000 Personel Gabungan

Polri dan TNI menggelar apel patroli di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019) untuk mengamankan Pemilu 2019. (Liputan6.com/ Nafiysul Qodar)

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu mengatakan, apel ini diikuti oleh sekitar 4.200 personel gabungan dari Mabes TNI, Mabes Polri, Kodam Jaya, dan Polda Metro Jaya.

"Sementara kalau dijumlah ada 6.000 termasuk yang patroli," kata Dedi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Miris Niu Niu, Model Cilik yang Ditendang Ibunya karena Kelelahan

Posted: 13 Apr 2019 08:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus kekerasan pada anak kembali terjadi. Kisah tragis kali ini dialami model cilik berusia 3 tahun di Tiongkok bernama Niu Niu yang ditendang ibunya saat sesi pemotretan. Ia ditendang ibunya sendiri lantaran lelah berpose saat pemotretan. Sebuah video yang menunjukkan bukti Niu Niu ditendang ibunya sendiri ini menarik simpati publik.

Banyak yang mengecam tindakan ibu dari model balita cantik yang menggemaskan tersebut. Bahkan sumber yang mengaku bekerja dengan Niu Niu mengaku menyaksikan kalau balita tersebut dipaksa bekerja.

Seorang pemilik toko mengungkap kalau Niu Niu dipaksa mengambil banyak pekerjaan sekaligus. "Mereka biasanya menyelesaikan satu shoot selama empat menit atau 15 shoot dalam satu jam," seperti yang Liputan6.com lansir dari BJ News, Minggu (14/4/2019).

Video tersebut bahkan telah ditonton puluhan juta kali, dengan beragam komentar yang mengritik ibu Niu Niu karena berlaku kasar terhadap putrinya dan bahkan menjadikan Niu Niu sebagai "alat untuk menghasilkan uang".

Mendapatkan Banyak Tawar Pekerjaan

Niu Niu (sumber: taotabo)

Seorang pria terlihat memegang handphone membantu Niu Niu memegang tas kecilnya. Saat bocah cilik itu menaruh tas kecilnya, seorang wanita berkaus putih yang ada di video adalah ibu dari Niu Niu, menendang bokong sang anak.

"Ambil bunga itu sekarang, jangan bikin aku marah selama pemotretan," demikian suara sang ibu yang terdengar dari rekaman video.

 Video yang viral itu disebut direkam di Hangzhou, China pada 6 April 2019. Niu Niu disebut sudah bekerja seharian saat dirinya ditendang di bagian bokong oleh ibunya. Setelah video tersebut viral, berbagai e-commerce yang menjadikan Niu Niu sebagai model iklan menarik foto sang bocah cilik dari situs mereka.

Niu Niu menjadi model untuk 400 pakaian dalam 4 hari. Model anak-anak seperti dia bisa mendapatkan Rp 10 juta–Rp 30 juta per hari. Bahkan dalam satu tahun honor yang didapat bisa untuk membeli sebuah rumah.

Pengakuan Niu Niu

 

Seorang fotografer juga mengungkap kalau model balita itu sudah bekerja dari pukul 9 pagi hingga 6 sore itu mendapat pukulan di bagian punggung karena dia kelelahan dan tidak bisa mengikuti jalannya pemotretan.

Sedangkan fotografer lain menyebut kalau kasus ibu yang tega pada anaknya sendiri yang merupakan model cilik ini bukan hal yang asing.

Dalam sebuah wawancara, repoter bertanya apakah Niu Niu suka berfoto atau memakai baju-baju yang bagus, model balita ini menjawab "tidak". Niu Niu mengaku kalau dia lebih suka berlarian. Ibu dari model tersebut langsung meluruskan statement dengan menyatakan kalau Niu Niu hanya bercanda.

Klarifikasi Sang Ibu

 

Ibunda Niu Niu pun memberikan klarifikasinya terkait aksi kekerasan yang dilakukannya. Sang ibu mengaku dirinya tidak pernah berniat menyakiti putrinya. Dia menendang Niu Niu karena menurutnya sang anak terlalu dekat ke jalanan. Menurutnya video yang viral itu diambil oleh orangtua lainnya yang cemburu akan kepopuleran Niu Niu.

"Tidak ada yang tersakiti di video aku memberikan kedisiplinan ini. Aku minta maaf kalau video ini jadi membuat kalian semua salah paham. Aku dan putriku sangat dekat. Dan dia benar-benar mendapatkan kasih sayang," katanya.

Klaim ibunda Niu Niu itu langsung mendapat reaksi beragam dari netizen China. Sebagian besar dari mereka geram karena wanita itu membela diri dan merasa tidak bersalah.

Malah seorang netizen lain yang mengaku berada di lokasi pemotretan mengatakan, foto dilakukan di studio berlokasi outdoor bukan di jalanan seperti klaim ibu Niu Niu. Dalam klarifikasi lainnya, ibu Niu Niu membantah melakukan eksploitasi pada anaknya demi mendapatkan keuntungan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua KPU Minta Petugas Pemilu 2019 Jaga Kepercayaan Publik

Posted: 13 Apr 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman meminta para petugas penyelenggara Pemilu 2019 dapat menjaga kepercayaan publik. Dengan demikian, para pemilih bisa percaya dengan hasilnya dan meredam terjadinya konflik.

Hal itu dikatakannya saat saat apel siaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Sekretariat PPK dan PPS, dan Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019 se-Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat,  Minggu (14/4/2019).

"Jaga kepercayaan publik terhadap proses yang baik, maka mereka (pemilih) akan percaya. Anda harus terbuka, transparan dan baik. Kerjakan dengan integritas," kata Arief.

Dia juga berpesan untuk tidak pernah percaya kepada pihak yang menawarkan janji manis pada Pemilu 2019. Aturan, harus dijalankan.

"Jangan pernah percaya janji-janji untuk berbuat di luar regulasi. Kerjakan dengan soliditas, jangan ribut dan bertengkar, itu justru melemahkan Anda sendiri," kata Arief.

 

Apel Siaga

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Anies Baswedan menitipkan tiga pesan kepada apel siaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 di wilayah Jakarta.

"Pertama, pastikan proses lancar dan baik. Kita yang berada di lapangan ini adalah orang-orang di belakang layar, tapi kalianlah yang dapat membuat proses lancar dan baik," ucap Anies di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, (14/4/2019).

Kedua, Anies meminta panitia menjaga amanah tugas. Apalagi ada 29 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di DKI. 

Terakhir, Anies meminta kepada jajarannya untuk bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para penyelenggara Pemilu, seperti KPU provinsi, dan Bawaslu agar semua bisa berjalan baik, aman, lancar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilu Jadi Ajang Kebersamaan bagi 1.755 WNI di Belgia dan Luksemburg

Posted: 13 Apr 2019 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Brussels - Sabtu 13 April 2019 menjadi hari yang dinantikan warga Indonesia di Belgia dan Luksemburg yang akan menggunakan hak suaranya melalui pencoblosan langsung di TPS yang bertempat di KBRI Brussels, berlokasi di Avenue de Tervuren 294. TPS dibuka dari pukul 08.00 hingga pukul 18.00 waktu lokal.

Sejak pagi, tempat pemilu di KBRI telah dikunjungi pemilih yang datang dari berbagai penjuru Belgia dan beberapa warga di Luksemburg.

Sementara untuk WNI di Luksemburg, PPLN Belgia akan mengadakan Kotak Suara Keliling yang dibuka dari jam 09.00 - 12.00 waktu lokal pada Minggu 14 April 2019.

Pemilu luar negeri kemarin dan hari ini bukan saja berlangsung di TPS di Belgia namun juga berbagai negara di belahan dunia lain.

Jumlah pemilih yang tercatat oleh PPLN Belgia berjumlah 1.755 orang utk wilayah Belgia dan Luksemburg. Sedangkan 489 orang di antaranya telah menyampaikan suaranya melalui pos.

Dubes RI untuk Belgia, Yuri Octavian Thamrin, menggunakan hak suaranya dalam pemillu luar negeri di TPS KBRI Brussels pada Sabtu 13 April 2019. (kredit: KBRI Brussels)

Duta Besar RI untuk Belgia, Yuri Octavian Thamrin telah menyampaikan suaranya pada pukul 11.00 di TPS 3 beserta Ibu Sandra Thamrin di TPS 1.

Sementara Bapak Wakil Kepala Perwakilan, Dupito Dorma Simamora dan Ibu Monamaria di TPS 2 dan diikuti staf KBRI lainnya.

Selain menyampaikan hak suara, pemilu kali ini juga menjadi ajang kebersamaan bagi seluruh warga Indonesia di Belgia yang dilengkapi dengan sajian snack dan masakan tradisional Indonesia.

Proses pemungutan suara disaksikan langsung oleh saksi yang hadir di TPS KBRI Brussels, masing-masing 1 orang dari pasangan calon Presiden/Wakil Presiden 01 dan pasangan calon 02, serta perwakilan partai Gerindra dan PKS.

WNI di Prancis Titipkan Asa Tinggi di Bilik Suara

Warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Paris, Prancis pada Sabtu 13 April 2019 (Yus Mei Sawitri / Liputan6.com)

Imelda Roux sudah 16 tahun tinggal di Hauts-de Seine, dan bersuamikan pria Prancis. Meski sudah lama bermukim jauh dari Tanah Air, Imelda tak mau melewatkan kesempatan memberikan suara dalam Pemilu 2019 di Paris, Sabtu (13/4/2019).

Ditemani sang suami, Imelda sejak pagi sudah tiba di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, di berlokasi di 47 Rue Cortambert. Sekitar pukul 11.00 waktu lokal, dia sudah menyalurkan haknya sebagai warga negara Indonesia, dengan mencoblos di bilik suara. Dia sudah menetapkan calon presiden dan wakil presiden pilihannya dalam Pemilu 2019.

"Meskipun tinggal di Paris, saya selalu mencoblos setiap pemilu. Sebagai WNI, saya sudah pasti punya kaitan batin dengan Indonesia. Jadi saya mencoblos," kata Imelda kepada Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019).

"Tadi agak sulit ke sini, karena sedang ada demonstrasi rompi kuning, jadi jalan banyak diblokade, sehingga agak sulit mencapai KBRI. Banyak juga beberapa WNI lain yang kesulitan. Tapi, untungnya tetap bisa nyoblos," imbuh dia.

Imelda mengaku selalu mengikuti perkembangan di Indonesia melalui media. Dia mengaku senang dengan pesatnya pembangunan yang terus dilakukan Indonesia. Melalui suara yang disalurkannya dalam pemilu, Imelda menitipkan harapan tinggi.

"Saya berharap Indonesia jadi semakin maju dan maju. Tentu saja maju dalam segala hal, tapi terutama dalam hal pendidikan mental," kata Imelda.

Total 2.229 WNI di Prancis Masuk DPT

Warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Paris, Prancis pada Sabtu 13 April 2019 (Yus Mei Sawitri / Liputan6.com)

Total ada 2.229 WNI di Prancis yang masuk daftar pemilih tetap (DPT), serta 153 DPTb. Adapun yang masuk daftar pemilih khusus sebanyak 101 orang.

KBRI Paris membuka tiga TPS pada pemilu kali ini, semuanya di gedung KBRI, tapi di ruangan berbeda, yaitu Balai Budaya, Aula, dan Galeri Budaya.

"Pemilih ada yang datang langsung ke TPS, ada juga yang mencoblos melalui pos. Kalau lewat pos, kertas suara sudah kami kirim sejak 13 Maret," kata Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri Paris, Rudjimin.

Rudjimin mengatakan dibanding lima tahun lalu, antusiasme WNI di Prancis untuk terlibat di Pemilu lebih besar. Tahun lalu, WNI yang terdaftar di DPT hanya sekitar 700 orang. Adapun kini naik lebih daripada tiga kali lipat.

"Lima tahun lalu partisipasinya pemilih hanya 35 persen, tahun ini sepertinya lebih antusias. Salah satu penyebabnya karena adanya pencocokan data pemilu, sehingga prosesnya lebih detail," ujar Rudjimin.

Hari pencoblosan di Paris bukan hanya menjadi pesta demokrasi. Namun, WNI juga bisa melampiaskan kerinduan terhadap makanan Indonesia. Kantin KBRI menjual berbagai makanan khas Indonesia, yang langsung diserbu para WNI yang datang. Antrean masuk kantin tampak semarak.

"Tentu WNI yang datang juga rindu makanan Indonesia. Apalagi menu di kantin KBRI enak-enak," imbuh Rudjimin sembari tersenyum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Bujuk Raul de Tomas Balik Lagi ke Real Madrid

Posted: 13 Apr 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, ingin striker Raul de Tomas kembali ke Bernabeu musim depan. Untuk itu, Real Madrid akan memberi Raul de Tomas perpanjangan kontrak.

Diario AS melaporkan akhir pekan ini, De Tomas saat ini bermain bersama Rayo Vallecano dengan status pinjaman dari Real Madrid.

De Tomas telah mencetak 13 gol di La Liga. Ia bersama timnya tengah berjuang agar bisa kembalinya ke Divisi Segunda.

Pemain 24 tahun itu dipinjamkan ke Vallecas untuk musim kedua berturut-turut. Dan, mereka bisa mengajukan tawaran untuknya di musim panas, setelah kontraknya berakhir dengan Real Madrid.

Perpanjang Kontrak

Penyerang Real Madrid, Raul de Tomas (kanan) yang tengah dipinjamkan ke Rayo Vallecano. (Twitter/Rayo Vallecano)

Muncul kabar De Tomas tengah diincar Real Betis dan Valencia. Tapi, pemain asli Real Madrid itu dilaporkan ingin tetap tinggal di ibukota Spanyol.

Jika ia memilih untuk memperpanjang kontraknya dengan Real Madrid, ia kemungkinan akan ditetapkan menjadi skuat utama. Pasalnya, Zidane adalah penggemar dirinya yang telah melatihnya selama bersama tim Castilla.

Incar Pemain Arsenal

Sebelumnya, beredar kabar Real Madrid dikabarkan akan mencoba merekrut penyerang Arsenal Pierre Emerick Aubameyang pada bursa transfer musim panas nanti. Aubameyang kebetulan juga siap meninggalkan Arsenal.

Aubameyang sebenarnya baru bergabung dengan Arsenal tahun lalu dari Borussia Dortmund. Pria asal Gabon itu membuat 32 gol dari 56 penampilan bersama Meriam London.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bidik Bek AS Roma, MU Minta Bantuan Raiola

Posted: 13 Apr 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) sedang bergerak untuk mendapatkan bek AS Roma Kostas Manolas. MU kabarnya meminta bantuan super agen Mino Raiola.

Bukan rahasia lagi bahwa MU membutuhkan bek tengah baru. Raiola kebetulan adalah agen dari Manolas.

MU sukses mendatangkan Paul Pogba dari Juventus pada musim panas 2017. Pogba merupakan klien dari Raiola.

Manajemen Setan Merah ingin mengulang sukses mendatangkan klien Raiola. Oleh karena itu, MU membangun komunikasi dengan agen asal Italia tersebut demi meminang Manolas.

Seperti dilansir Gazzetta dello Sport, agenda utama MU memang secepat mungkin mendapat bek tengah berkualitas. Manolas, yang merupakan pemain internasional Yunani, termasuk paling mudah untuk didapatkan MU.

Kontrak Manolas dengan AS Roma memang baru akan habis Juni 2022. Tapi, Manolas punya klausul rilis kontrak yang terjangkau yakni sebesar 36 juta euro.

Impian

Bek AS Roma, Kostas Manolas, menjadi incaran Manchester United. (AFP/Filippo Monteforte)

Manolas konon juga tertarik hijrah ke Old Trafford musim depan. Bermain di kompetisi Liga Inggris merupakan impiannya.

Sesungguhnya, MU juga mengincar bek tengah kelas dunia lainnya seperti Raphael Varane maupun Kalidou Koulibaly. Namun, harga Varane dan Koulibaly jauh di atas Manolas.

Target 4 Besar

Saat ini, MU masih berjuang untuk finis di posisi empat besar Liga Inggris. Jika gagal, Setan Merah tentu akan lebih kesulitan mendapatkan pemain-pemain incarannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wujud Yamaha NMax Terbaru Beredar Luas, Ini Komentar YIMM

Posted: 13 Apr 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Foto-foto yang diduga sebagai Yamaha NMax terbaru bocor di dunia maya. Menarik perhatian, wujud yang diunggah akun Vanhoe Rage di Facebook memiliki perubahan dengan model yang beredar saat ini.

Terlihat pada foto, hal yang paling menonjol adalah buritan menyerupai Yamaha XMax, terutama di bagian lampu. Sedangkan bagian lampu depan masih menyisakan identitas khas Yamaha NMax dan adanya garis kecil pada lampu memberikan kesan kehadiran DRL (daytime running light).

Saat Liputan6.com mencoba mengkonfirmasi kepada PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Indonesia, pihaknya enggan berkomentar.

"Untuk gambar atau design yang beredar, mohon maaf saya tidak bisa memberikan tanggapan karena itu adalah gambar atau artikel dari pihak ketiga. Bukan official dari Yamaha Indonesia," kata Manager Public Relation YIMM, Antonius Widiantoro.

Terkait kemungkinan hadirnya Yamaha NMax terbaru untuk pasar otomotif Indonesia dalam waktu dekat, Anton enggan mengungkapkan secara gamblang.

Selanjutnya

Yamaha NMax Hanya Dapat Warna Baru (foto: YIMM)

"Kalau ada produk baru pasti media akan kami infokan secara resmi," ujarnya singkat.

Resmi meluncur empat tahun lalu, Yamaha NMAX memiliki banderol kurang dari Rp30 juta dan sukses menarik minat konsumen di pasar nasional.

Sebagai informasi, Yamaha Nmax dibenamkan mesin berkapasitas 155 cc yang mampu menghasilkan daya 14,8 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Yamaha sudah membekali Nmax dengan teknologi variable valve activation (VVA) untuk performa lebih unggul di setiap rentang putaran mesin. Melengkapi itu, bobot Nmax di angka 127 kg.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:YAMAHA NMAX]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antusias Nyoblos Pilpres 2019, Antrean WNI di Arab Saudi Mengular hingga 30 Meter

Posted: 13 Apr 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Riyadh - Ribuan warga Indonesia antusias mengikuti pemilihan umum 2019 dengan berbondong-bondong mendatangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Ibu Kota Arab Saudi, Jumat 12 April 2019 waktu setempat.

"Suasana ramai, ribuan WNI memadati KBRI Riyadh. Para WNI terlihat antusias sekali, bersemangat sekali. Walau matahari mulai terasa menghangat," ujar salah satu diaspora Indonesia, Tatang Muhtar (41), yang saat ini tengah bekerja di Riyadh, kepada Antara yang dikutip Sabtu (13/4/2019).

Pria yang telah menetap di Riyadh, Arab Saudi selama 21 tahun itu mengatakan antusiasme pemilih kali ini sangat besar.

"Saya sendiri memilih di KBRI Riyadh.Saya datang agak siang, tiba di KBRI Riyadh pukul 09.00 pagi, suasana sudah ramai, antrean berlapis, memanjang hingga 30 meteran," ujar Tatang Muhtar.

Ia mengatakan para pemilih diarahkan untuk masuk melalui pintu layanan keimigrasian, bukan pintu utama.

"Lebar pintu ini sekitar 1 meter. Sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan," kata Tatang Muhtar.

Ternyata, lanjut dia, desak-desakan tidak hanya terjadi di pintu masuk, tapi di sekitar meja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) di ibu kota Arab Saudi itu, yang bertugas mendata ulang pemilih (semacam verifikasi data).

 

 

Diselenggarakan di 2 Wilayah

Ilustrasi pemilih surat suara.

Tatang mengatakan pemilihan di Arab Saudi diselenggarakan di dua wilayah, yaitu di KBRI Riyadh dan Konsulat Kenderal RI (KJRI) Jeddah.

"Sebanyak delapan tempat pemungutan suara (TPS) disiapkan di dalam gedung KBRI Riyadh. Untuk TPS yang di Jeddah saya tidak tahu," kata dia.

Kedelapan TPS tersebut dibuka mulai pukul 08.00 sampai 18.00 waktu setempat (beda empat jam lebih lambat dari Indonesia).

Namun karena antusiasme pemilih yang sangat besar maka peserta pemilu sepakat untuk menambah waktu hingga pukul 24.00 waktu setempat.

Selain pencoblosan langsung ke Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang di laksanakan di KBRI Riyadh, daftar pemilih tetap (DPT) di Arab saudi juga dapat memilih melalui pos dan kotak suara keliling (KSK).

Pemilihan melalui KSK telah diselenggarakan di 7 titik pada 8-9 April 2019, yakni di Kota Dammam, Al-Khobar, Jubail al-Ahsa, Buraidah, Hail, dan Skaka.

Arab Saudi menjadi daerah pemilihan luar negeri dengan jumlah DPT terbanyak kedua, yakni sekitar 800 ribu orang dari total DPT luar negeri yang mencapai sekitar 2 juta orang. Pemilih terbanyak berada di Malaysia dengan jumlah DPT mencapai 1,2 juta orang.

Pilpres di Tanzania

Sebagian WNI di Tanzania menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2019 secara langsung di TPS yang berlokasi di KBRI Dar es Salaam, Sabtu waktu setempat (13/4/2019). (KBRI Dar es Salaam)

Beda jauh dengan Arab Saudi, hanya ada 94 WNI masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Tanzania, di mana 53 orang di antaranya mencoblos surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Dar es Salaam.

Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) bekerjasama dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dar es Salaam telah menyelenggarakan pemungutan suara di TPS yang bertempat di Gedung Kedutaan Besar RI (KBRI) Dar es Salaam, pada Sabtu, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat (beda waktu 4 jam lebih lambat dari WIB).

Duta Besar RI untuk Tanzania Ratlan Pardede, beserta istri dan keluarga, turut menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut, demikian keterangan tertulis KBRI Dar es Salaam yang dikutip dari Antara, Minggu (14/4/2019).

Selain melakukan pemungutan suara di TPS, sejak awal April lalu KPPSLN Dar es Salaam telah mengirimkan surat suara kepada WNI lain yang terdaftar dalam DPT dan tersebar di berbagai wilayah lain di Tanzania, yaitu Zanzibar, Arusha, Moshi, Mwanza dan Rwanda (Kigali).

Penghitungan suara Pilpres 2019 RI di Tanzania ini akan dilakukan pada 17 April, bersamaan dengan penyelenggaraan pemilu di Tanah Air.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kematian Paling Tak Terlupakan dalam Game of Thrones

Posted: 13 Apr 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan semakin dekatnya waktu perilisan musim terakhir dari serial Game of Thrones. Banyak penggemar yang menonton ulang serial tersebut untuk mengingat kembali berbagai kejadian yang mungkin terlupakan. Salah satu contohnya adalah berbagai kematian mengerikan yang mewarnai jalannya kisah ini.

Menjelang musim terakhirnya yang akan tayang pada (14/04) nanti, tak ada salahnya jika kita mencoba mengingat kembali beberapa kematian tak terlupakan dalam serial Game of Thrones ini.

Berikut adalah beberapa kematian yang tak terlupakan sepanjang musim pertama hingga musim terakhir serial Game of Thrones.

1. Eddard Stark (Season 1 Episode 9)

Eddard (Ned) Stark. Dok: HBO

Lord Eddard Stark, dikenal juga sebagai Ned Stark, merupakan raja dari House Stark, Lord of Winterfell, Lord Paramount dan Warden of the North, dan kemudian Hand of the King Robert I Baratheon.

Dia adalah kakak laki-laki dari Benjen Stark dan Lyanna Stark, serta adik laki-laki dari Brandon Stark. Dia juga merupakan ayah dari Robb, Sansa, Arya, Bran, dan Rickon Stark dari pernikahannya dengan Catelyn Tully. Ned Stark juga merupakan paman dari Jon Snow yang kemudian ia besarkan sebagai anak haramnya.

Eksekusi Ned Stark merupakan salah satu peristiwa penting yang disebabkan oleh kematian Robert Baratheon. Eksekusi itu membuka jalan dan mentransformasi perang yang terjadi menjadi perang saudara.

Padahal, saat itu Ned Stark sudah ingin mengungkap rahasia gelap di balik Iron Throne. Pemenggalan Ned Stark juga memantapkan sifat kejam dan impulsif dari Joffrey Baratheon yang memerintahkan Ser Ilyn Payne untuk memenggal Ned Stark.

Peristiwa eksekusi itu memancing kebangkitan pasukan tentara wilayah Utara di bawah kepemimpinan Robb Stark, putra laki-laki dari Ned Stark.

Peristiwa eksekusi Ned Stark serta kasus pengungkapan identitas asli anak-anak Cersei Lannister memicu timbulnya perang antara lima raja. Ned Stark secara anumerta bertanggung jawab atas keterlibatan Joffrey Baratheon, Robb Stark, Renly Baratheon, Stannis Baratheon, dan Balon Greyjoy dalam perang ini.

2. Red Wedding (Season 3 Episode 9)

Sumber: IMDb

Robb Stark mungkin sudah menyatukan kerajaan-kerajaan di wilayah Utara di bawah satu bendera, tetapi satu langkah yang salah dalam Game of Thrones bisa berakibat fatal. Setelah setuju untuk menikahi putri dari Lord Walder Frey, Robb malah pergi dan menikahi seorang perawat cantik yang ia temui di medan pertempuran.

Sebagai gantinya, maka perjanjian itu pun digantikan oleh Edmure Tully, paman Robb. Edmure menggantikan Robb sebagai calon pengantin pria bagi Roslin Frey.

Namun, tak berhenti sampai situ saja. Pada resepsi pernikahan Roslin, Walder membalas pengkhianatan Robb dengan membunuh Robb, Lady Catelyn (ibu Robb), Talisa (istri Robb yang sedang hamil), dan dan bahkan serigalanya yang mengerikan, Gray Wind.

Ketika tentara Frey menyergap kamp Utara dan menghancurkan sisa pasukan Robb, kepala Gray Wind dijahit ke mayat Robb yang dipenggal dan diarak dengan menggunakan kuda.

Walder Frey, menyimpan dendam terhadap Robb Stark karena menikahi wanita lain setelah dia berjanji untuk menikahi salah satu putrinya. Walder bersekongkol dengan Roose Bolton dan Tywin Lannister untuk membantai Robb, Lady Catelyn, dan Talisa, pada hari pernikahan saudara laki-laki Catelyn dengan seorang Frey.

Namun, kejadian buruk tersebut tidak berhenti sampai situ. Arya, Arya Stark, yang terpisah dari keluarganya sejak kematian ayahnya, tiba di persimpangan tepat ketika pembantaian terjadi.

Meskipun kejadian Red Wedding akhirnya membatalkan reuni Arya dengan keluargnya, tetapi kejadian tersebut juga menyelamatkan Arya dari kematian.

3. Joffrey Baratheon (Season 4 Episode 2)

Kematian karakter King Joffrey mampu membuat para selebriti dunia berkicauan di Twitter.

Remaja tirani yang sangat dibenci oleh para penggemar Thrones akhirnya bertemu dengan ajalnya di pernikahannya sendiri, dalam bentuk secangkir anggur merah. Sifat kediktatoran Joffrey sebagai seorang raja ditampilkan secara penuh pada upacara pernikahan mewahnya, di mana ia berulang kali mempermalukan Tyrion di depan para tamu undangan.

Sikapnya semakin tidak pantas hingga sampai akhirnya ia tersedak oleh anggur yang diminumnya. Setelah itu, ia terjatuh dan menggeliat di atas tanah hingga warna wajahnya berubah menjadi ungu dan meninggal dengan rasa sakit yang amat sangat.

Bermain peran dengan cukup lama, ternyata Littlefinger telah bersekongkol dengan Lady Olenna Tyrell agar Joffrey keracunan di pernikahannya sendiri. Padahal saat itu Joffrey menikah dengan Margaery, cucu kandung Lady Olenna sendiri dari House Tyrell.

Sayangnya, saat itu Tyrion-lah yang menanggung tuduhan atas pembunuhan Joffrey, karena disangka tak bisa menahan dendamnya pada Joffrey.

4. Tywin Lannister (Season 4 Episode 10)

Sumber: IMDb

Di akhir season 4, Tyrion membalaskan dendam terpendamnya atas ayah dan mantan kekasihnya.

Tyrion melarikan diri dari ruang bawah tanah di King's Landing dengan bantuan saudaranya, Jamie. Setelah yang dikhianati oleh kekasihnya, Shae, dan akan menerima hukuman mati atas tuduhan pembunuhannya terhadap Joffrey, Tyrion akhirnya berhasil melarikan diri.

Dipelopori oleh rasa dendamnya pada Tywin karena menerima perlakuan tidak adil selama persidangan, Tyrion pun memanfaatkan kebebasannya dengan pergi ke tempat ayahnya. Namun sayang, setelah melihat Shae terbaring di atas tempat tidur Tywin, ia pun mengetahui bahwa Shae telah menjadi kekasih ayahnya.

Melihat Tyrion, Shae pun menyerangnya secara spontan, tetapi Tyrion dengan cepat mencekik Shae hingga meninggal dengan menggunakan rantai. Setelah itu, Tyrion pun mencari Tywin ke toilet dan terlibat percekcokan dengan ayahnya.

Merasa kesal dan kecewa, Tyrion pun akhirnya menembakkan dua buah panah ke dada Tywin hingga meninggal.

 

5. Jon Snow (Season 5 Episode 10)

Aktor Kit Harington di serial Game of Thrones. (HBO)

Setelah menembakkan panah yang akhirnya membunuh Ygritte, kekasih Jon, seorang pria muda yang kemudian menjadi Watchman, memberi pengkhianatan terakhir pada Jon dengan cara membunuhnya.

Rencana pembunuhan tersebut dipimpin oleh First Ranger, Alliser Thorne. Pembunuhan brutal yang dilakukan oleh berbagai anggota Night's Watch tersebut dipelopori oleh rasa kesal mereka terhadap Jon.

Menurut mereka, keputusan Jon Snow untuk mengizinkan para Wildlings berlindung di dalam The Wall, merupakan keputusan yang lebih berbahaya daripada pengkhianatan literal.

Namun, untungnya saat itu Jon berhasil "dibangkitkan" kembali oleh Melisandre, seorang penyihir yang percaya dengan adanya Lord of Light. Berkatnya, Jon Snow pun berhasil pulih dan kembali hidup hingga sekarang.

 

Reporter:

Rahma Wulan Mei Anjaeni

Universitas Pendidikan Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedapatan Tangkap Ikan, Nelayan Aceh Dihukum Tidak Boleh Melaut

Posted: 13 Apr 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Satu unit armada nelayan berasal dari Kabupaten Aceh Barat, diamankan pihak berwajib bersama nelayan dan pemangku adat karena disinyalir melakukan pelanggaran "hukom adat laot" atau hukum adat laut di wilayah perairan Kabupaten Aceh Jaya.

Panglima laot atau ketua pemangku adat laut Kabupaten Aceh Barat, Amiruddin mengatakan, armada nelayan dipergoki menangkap ikan pada hari Jum'at (12/4) siang sehingga ditangkap karena hal itu melanggar hukum adat.

"Armada, nakhoda (pawang) serta anak boat akan disanksi sesuai hukum adat laot yakni tidak boleh melaut selama tujuh hari. Nelayan tidak ditahan, hanya armadanya tidak boleh diambil sebelum diselesaikan secara adat," katanya, Sabtu 13 April 2019, dilansir Antara.

Provinsi Aceh memiliki kearifan lokal yakni hukum adat laot, salah satunya pantang melaut atau tidak boleh melaut, setiap hari Jumat, tanggal 17 Agustus, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha serta setiap tanggal 26 Desember peringatan tsunami.

Ketika ada nelayan yang nekad melaut pada hari tersebut, maka hukum adat berlaku, kebijakan ini sudah diterapkan sebagai bentuk menghormati hari besar islam, hari besar nasional dan hari bersejarah.

Armada Nelayan Ditahan

Kapal bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk nelayan di Kepulauan Natuna. (Gideon/Liputan6.com)

Amiruddin menyampaikan, secara ketentuan hanya armada nelayan tersebut yang ditahan sementara, sampai pihak pemangku adat di antara dua kabupaten menandatangani kesepakatan damai dan penjatuhan sanksi adat.

"Hari ini saya melakukan pertemuan dengan pemangku adat laot Lhok Calang, sebenarnya nelayan sudah diperbolehkan pulang, tapi mereka tidak mau meninggalkan boatnya," katanya saat dihubungi berada di Aceh Jaya.

Nelayan Lhok Calang, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, menangkap satu unit boat nelayan Kapal Motor (KM) Wirduna yang berkapasitas 5 Grosstonage (Gt) dengan nakhoda M Nur serta dua anak buah kapal di perairan Aceh Jaya.

Armada nelayan tersebut ditemukan melakukan pemasangan alat tangkapnya di rumpon milik nelayan Aceh Jaya, dalam penangkapan armada nelayan tersebut dilakukan nelayan, pemangku adat serta dibantu aparat berwajib.

Amiruddin menyampaikan, hukum adat laut merupakan kearifan lokal yang harus ditaati bersama, sementara sanksi yang diberikan sebagai efek jera agar seluruh nelayan menghormati semua aturan kekhususan Aceh.

"Hasil pertemuan hari ini, nelayan tetap disanksi, tetapi hanya empat hari. Pemangku hukum adat laut Aceh Jaya mengurangi masa penahanan armada karena nelayan akan mengikuti Pemilu 2019 di kampungnya," demikian Amiruddin.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Benarkah Indonesia Tengah Alami Deindustrialisasi?

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto menyebut Indonesia tengah mengalami deindustrialisasi. Hal ini ditandai dengan banyak produk impor masuk ke dalam negeri.

Apakah deindustrialisasi tersebut memang tengah melanda Indonesia saat ini?

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Izzudin Al Farras mengatakan, deindustrialisasi memang tengah terjadi di Indonesia. Deindustrialisasi yang terjadi di Indonesia bahkan dia sebut terjadi lebih cepat dibanding negara ASEAN lainnya.

"Meski deindustrialisasi dan transformasi struktural ekonomi merupakan fenomena alamiah dan terjadi secara global, namun demikian deindustrialisasi di Indonesia terjadi cepat (deindustrialisasi dini)," ujar dia di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Dalam 10 tahun terakhir, lanjut dia, Indonesia mengalami penurunan porsi manufaktur terhadap PDB sebesar 7 persen. Padahal negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia, penurunan porsi manufakturnya terhadap PDB tidak lebih dari 4 persen.

Menurut Izzudin, deindustrialisasi yang terjadi di Indonesia berdampak kepada tiga hal, pertama, turunnya penerimaan perpajakan, padahal manufaktur menjadi sektor tertinggi dalam menyumbang pajak dengan kontribusi sebesar 30 persen.‎

 

Daya Serap Tenaga Kerja

Pekerja menyelesaikan perakitan mobil Mercedes Benz di Pabrik Mercedes Benz, Wanaherang, Bogor (11/12). Mercededes-Benz C-Class generasi terbaru kini resmi masuk jalur produksi pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kedua, daya serap tenaga kerja oleh sektor manufaktur semakin berkurang. Ketiga, secara agregat, pertumbuhan PDB tidak dapat terdongkrak naik secara cepat karena kontribusi maupun pertumbuhan manufaktur turun dan tumbuh semakin lamban.

"Deindustrialisasi diperparah melalui perubahan pola investasi asing (FDI) yang cenderung berada di sektor tersier dibandingkan sekunder," kata dia.

Izzudin menyatakan, Indonesia harus segera mengatasi masalah deindustrialisasi ini. Salah satunya dengan secara tepat membaca arah perkembangan industri global ke depannya.

‎"Ke ‎depan, Indonesia harus mengatasi tantangan industri dan membaca perkembangan arah industri di masa yang akan datang," tandas dia.

Prabowo Sebut Indonesia Tengah Alami Deindustrialisasi

Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berbincang saat mengikuti Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir yang mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Untuk diketahui, dalam debat capres pamungkas yang digelar di Hotel Sultan, Sabtu kemarin, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menilai, ekonomi Indonesia saat ini berjalan di arah yang salah. Menurut Prabowo, jika kondisi ini diteruskan maka tidak mungkin membawa kesejateraan bagi bangsa.

Prabowo juga menyebut, Indonesia mengalami kondisi deindustrialisasi. Ini berbeda dari negara lain.

"Terjadi deindustrialisasi, kalau negara lain industrialisasi, kita justru deindustrialisasi. Kita sekarang enggak produksi apa-apa. Kita hanya bisa menerima bahan produksi dari bangsa-bangsa lain. Ini keliru dan harus kita ubah," ujar Prabowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: Peluang Napoli dan Inter Jauhi Kejaran Rival

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan pekan ke-32 Liga Italia Serie A 2018/2019 sudah digelar Sabtu hingga Minggu dini hari WIB (14/4/2019). Dua tim papan atas Juventus dan AC Milan meraih hasil berbeda.

Juventus masih memimpin klasemen meski kalah 1-2 saat melawan ke markas SPAL, Paolo Mazza pada Sabtu (13/4/2019). Posisi Juventus masih jauh dari kejaran Napoli.

Sementara itu, AC Milan berhasil kalahkan Lazio di San Siro. Milan dan Lazio hanya berjarak 3 poin di peringkat sementara Liga Italia.

Laga di pekan ke-32 Liga Italia akan dilanjutan saat Inter Milan bertandang ke markas penghuni zona merah, Frosinone, Senin (15/4/2019). Dengan raihan 57 poin, Nerazzurri tidak akan tergusur kendati menelan kekalahan.

Lawan Berat

Chievo akan mendapat lawan berat pada pekan ini. The Flying Donekys harus menghadapi Napoli, yang kini berstatus sebagai runner up sementara.

Selain itu masih ada laga menarik untuk disimak seperti duel Sassuolo vs Parma dan peringkat 5 sementara, Atalanta yang dijadwalkan menjamu Empoli di Azzuri d'Italia pada Selasa (16/4).

Berikut jadwal lengkap pekan 32 Liga Italia

Jadwal

Berikut jadwal Liga Italia 2018/2019 pekan 32

Minggu, 14 April 2019

17.30 WIB,Torino vs Cagliari

20.00 WIB, Fiorentina vs Bologna

20.00 WIB, Sampdoria vs Genoa

20.00 WIB, Sassuolo vs Parma

23.00 WIB, Chievo vs Napoli

Senin, 15 April 2019

01.30 WIB, Frosinone vs Inter Milan

Selasa, 16 April 2019

01.30 WIB, Atalanta vs Empoli

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Hadapi Si Kecil yang Suka Memaksa

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengasuh anak memang membutuhkan skill dan trik tersendiri. Apalagi ketika si Kecil telah beranjak besar dan mulai pandai melancarkan permintaan ini dan itu. Juga disertai paksaan atau rengekan. Nah, ada cara jitu untuk menghadapi anak yang mulai rewel dan memaksa agar permintaannya dituruti. Berikut tips Mommy Sarah Brahmana dari Babyologist.

Menghadapi aneka tingkah si Kecil bisa dibilang gampang-gampang susah ya Moms. Apalagi bila si Kecil sudah mulai suka memaksakan kehendak dan tidak mau ikut aturan kita orangtuanya, rasanya kadang menjengkelkan dan memancing emosi. Tapi, tetap tenang dan bersabar ya Moms, karena tidak ada persoalan yang tidak ada jalan keluarnya.

Sebab, bagaimanapun kita adalah orangtua anak kita dan anak harus turut kepada pengaturan orangtuanya, khususnya ketika mereka masih kecil. Nah, bagaimana jika si Kecil suka memaksakan kehendaknya dan menjadi marah serta menangis apabila kehendaknya tidak dipenuhi? Berikut saya akan share tips menghadapinya.

Bagaimana menghadapi anak yang suka memaksakan kehendak?

 

Jangan mudah turuti kemauannya

1. Jangan terlalu mudah menuruti kemauan si Kecil sejak dini

Tapi ajari mereka bahwa untuk mendapatkan sesuatu butuh usaha dan proses. Contoh, jika mereka menginginkan sesuatu berupa barang, ajari mereka untuk menunggu sampai awal bulan karena di situ papa dan mama punya uang. Dengan demikian, mereka akan belajar bersabar dan tahu bahwa segala sesuatu ada waktunya.

Jika sudah berumur 3 tahun lebih, baik sekali jika diajar menabung terlebih dahulu sebelum membeli barang yang dia inginkan. Dengan demikian, si Kecil juga akan belajar lebih menghargai apapun yang mereka punya karena untuk mendapatkannya tidak mudah.

Jadi ortu tegas dan konsisten

2. Jadilah orangtua yang tegas dan konsisten

Yuk belajar menjadi orangtua yang bijak. Jika, tidak cukup katakan tidak dengan tegas. Tidak perlu marah jika anak memaksa dan merengek-rengek apalagi sampai luluh mendengar tangisan mereka. Dan, tetaplah konsisten dengan sikap ini kecuali saat momen-momen tertentu. Misalnya, saat si Kecil berulang tahun, kita boleh saja menjanjikan akan memenuhi apapun keinginan mereka dan tentu saja yang sesuai dengan kemampuan kita orangtuanya.

3. Sering beri pengertian dan katakan pada si kecil bahwa kita pasti memberikan yang terbaik untuk dia

Akan ada saatnya di mana si Kecil boleh mengambil keputusan apapun di dalam hidupnya meskipun, tidak untuk semua hal kecuali nanti ketika usianya sudah cukup dewasa.

Semoga bermanfaat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Gol Franck Kessie Antar AC Milan Taklukkan Lazio

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Bek AC Milan, Mateo Musacchio mengontrol bola dari kawalan bek Lazio, Riza Durmisi selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Bek AC Milan, Mateo Musacchio mengontrol bola dari kawalan bek Lazio, Riza Durmisi selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang AC Milan, Franck Kessie saat mengeksekusi penalti ke gawang Lazio selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Gelandang AC Milan, Franck Kessie saat mengeksekusi penalti ke gawang Lazio selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Bek Lazio, Luiz Felipe berebut bola udara dengan gelandang AC Milan, Tiemoue Bakayoko selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Bek Lazio, Luiz Felipe berebut bola udara dengan gelandang AC Milan, Tiemoue Bakayoko selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Striker AC Milan, Krzysztof Piatek berusaha menyundul bola dari kawalan bek Lazio, Francesco Acerbi selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Striker AC Milan, Krzysztof Piatek berusaha menyundul bola dari kawalan bek Lazio, Francesco Acerbi selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli berusaha mengontrol bola dari kejaran striker Lazio, Ciro Immobile selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

Bek AC Milan, Alessio Romagnoli berusaha mengontrol bola dari kejaran striker Lazio, Ciro Immobile selama pertandingan lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro (13/4). Milan menang tipis atas Lazio 1-0. (AFP Photo/Miguel Medina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Petani di Takalar Dapat Bantuan Puluhan Miliar dari Kementan

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saluran irigasi, jalan usaha tani, dan alat dan mesin pertanian (alsintan) merupakan bentuk bantuan yang diberikan pemerintah di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Total bantuan yang dikucurkan mencapai puluhan miliar.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta mengapresiasi berbagai program dan bantuan dari pemerintah pusat khususnya dalam sektor pertanian.

"Kami menantikan kedatangan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sudah lama karena banyak bantuan yang digelontorkan kepada petani Takalar beberapa tahun ini. Hari ini pun beliau kembali berikan bantuan Rp33 miliar," kata Syamsari pada acara Pertemuan Apresiasi dan Singkronisasi Program Kementerian Pertanian (Kementan) Tahun 2019 yang dihelat di Alun-Alun Kabupaten Takalar, Jumat (12/4).

Syamsari mengatakan tahun lalu Kementerian Desa juga mengucurkan dana desa Rp134 miliar. Dengan bantuan untuk enam kabupaten, total bantuan dari pemerintah pusat ini hampir Rp1 triliun.

"Bantuan tersebut semuanya dapat dirasakan petani. Misalnya, jalan tani sudah tidak becek lagi. Ini bukti nyata pemerintah sangat memperhatikan petani," ujarnya.

Sementara itu, Amran mengatakan bantuan pertanian di era pemerintahan Jokowi-JK sejak 2014 hingga 2019 untuk Sulawesi Selatan totalnya mencapai Rp15,7 triliun.

Bantuan itu terdiri untuk Kabupaten Takalar Rp375,3 miliar, Gowa Rp780,2 miliar, Jeneponto Rp455,7 miliar, Bantaeng Rp249,8 miliar, Bulukumba Rp509,3 miliar, Sinjai Rp335,8 miliar, dan Kabupaten Selayar Rp440,3 miliar.

"Bantuan hari ini untuk Takalar sebesar Rp33 miliar berupa ayam 165 ribu ekor, gratis kandang, vaksin dan pakan selama enam bulan. Bibit kelapa 5000 batang, kambing, sapi, benih sayuran, bibit mangga, benih padi, jagung, dan alat mesin pertanian. Bantuan ini diberikan Bapak Presiden Jokowi kepada petani. Bantuan kami bawa terbanyak sepanjang sejarah," beber Amran.

Khusus bantuan alat mesin pertanian, total bantuan 2015 hingga 2018 untuk Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 25.410 unit, nilainya Rp920,6 miliar. Di Takalar, bantuan alat mesin pertanian yang digelontorkan mencapai 1.986 unit, nilainya Rp49 miliar.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan, dalam APBN 2019, DPR RI bersama pemerintah menyiapkan hampir Rp4,9 triliun untuk Ditjen Prasaranana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian yang bertanggung jawab mengurusi Alsintan dan irigasi tersier.

Tak hanya itu, DPR RI dan pemerintah juga menetapkan pagu subsidi pupuk tahun anggaran 2019 sebanyak 9,55 juta ton atau setara dengan Rp29,5 triliun, baik untuk pupuk Urea, SP-36, ZA, NPK maupun organik.

Tak hanya di Kabupaten Takalar, lanjut Sarwo, pendistribusian Alsintan juga dilakukan ke berbagai daerah lainnya, khususnya daerah dengan potensi pertanian yang besar. Sudah ratusan ribu traktor yang disebar ke seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh sampai Papua, dari Miangas sampai Pulau Rote.

"Berbagai fasilitas yang telah diberikan kepada para Gapoktan, hendaknya bisa dirawat dengan baik. Jangan sampai bantuan tersebut menjadi sia-sia. Karena yang rugi bukan hanya para petani, melainkan juga bangsa Indonesia," jelas Sarwo Edhy.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Hanya Kate - Meghan Saja, Ternyata Pangeran William - Harry Juga Bertengkar

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Keluarga kerajaan Inggris, kali ini benar-benar menjadi sorotan publik. Setelah rumor perselingkuhan Pangeran William mencuat kepermukaan.

Belum juga selesai dengan masalah perselingkuhan, ada lagi kabar mengenai hubungan kakak adik, Pangeran William dan Harry.

Dilansir cosmopolitan.com, Pangeran William dan Harry terlibat pertengkaran. Dan semua berawal dari perkataan sang kakak, mengenai pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle.

Kala itu, Pangeran Harry menyatakan ingin menikahi Meghan Markle namun Pangeran William tak setuju.

 

Terlalu Cepat

Pangeran William, sebagai seorang kakak dari Pangeran Harry tentu saja inginkan yang terbaik untuk adiknya. Tersiar kabar bahwa dirinya tidak setuju dengan pernyataan Harry mengenai hubungannya dengan Meghan Markle. (AFP/Bintang.com)

Bukan tanpa alasan, Pangeran William tak setuju Pangeran Harry menikahi Meghan Markle. Lantaran Harry baru berkencan selama setahun.

Ini jelas waktu yang terbilang singkat bila dibandingkan dengan Pangeran William-Kate Middleton. Anak pertama pasangan Pangeran Charles dan Lady Di ini harus menunggu delapan tahun untuk menikah. 

Bikin Berang

Pangeran Harry dan aktris AS, Meghan Markle berpose untuk media saat mengumumkan pertunangan mereka di Kensington Palace, London, Senin (27/11). (AFP Photo/Daniel Leal-Olivas)

Tentu saja pernyataan Pangeran William ini membuat Pangeran Harry berang, dan terluka. Namun, saat ini hubungan keduanya menurut Katie Nicholl sudah membaik meski tak seperti dulu lagi.

Angkat kaki Pangeran Harry dan Meghan Markle dari Kingston Palace, rupanya dampak dari pertikaian yang terjadi di antara mereka. (Tantri Dwi Rahmawati/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Diuji Coba, Drone Google Wing Mengudara di Australia

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Layanan drone  pesan antar pertama Wing, akhirnya diluncurkan di Australia, setelah uji terbang berlangsung selama satu tahun.

Wing adalah merek drone milik Google, yang juga dimiliki oleh perusahan induknya, Alphabet.

Drone ini menawarkan layanan pengantaran makanan, kopi, dan obat-obatan ke sekitar 100 rumah di Canberra.

Drone sudah diuji coba di Australia sejak 2014, tetapi para penduduk sekitar memprotes karena suara berisik dari drone tersebut.

Dilansir BBC pada Minggu (14/4/2019) otoritas penerbangan Australia sudah memberikan izin Wing untuk meluncurkan layanan komersialnya setelah memeriksa dokumen keselamatan dan rencana operasionalnya.

Selain itu, pihaknya juga menjamin bahwa perusahaan tidak akan menimbulkan risiko bagi masyarakat atau pesawat lainnya.

Uniknya, cara kerja drone mengantarkan paket kecil terbilang sederhana, dengan diturunkan ke daerah kebun pelanggan menggunakan seutas tali saja.

Namun, ada beberapa syarat yang harus ditaati, seperti drone hanya diizinkan terbang pada siang hari dan tidak sebelum pukul 8 malam waktu Australia pada akhir pekan.

"Saya merasa terganggu ketika drone mengantarkan paket, suaranya terlalu berisik seperti suara melengking vacuum cleaner" kata salah seorang penduduk.

Sampai saat ini, pihak Wing mengatakan kalau mereka akan mengembangkan drone terbaru dengan teknologi suara yang lebih kecil.

 

Canggih, Ilmuwan Gunakan Drone untuk Cegah Malaria

foto ilustrasi penggunaan drone untuk pertanian gandum barley di Inggris - AP

Upaya ilmuwan untuk memberantas penyebaran malaria terus dikembangkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan drone untuk memantau wilayah tropis yang berpotensi tersebar penyakit tersebut.

Implementasi ini dilakukan oleh ilmuwan Wales Aberystwyth University dan Tanzania Zanzibar Maalria Elimination Programme di Tanzania, Afrika Timur.

Drone tersebut akan diterbangkan ke zona-zona yang diyakini memiliki titik penyebaran virus malaria terbesar.

Menurut yang dilansir Engadget, Selasa (28/11/2017), drone yang digunakan adalah DJI Phantom 3 yang diklaim bisa memantau lahan besar selama 20 menit.

Drone juga akan dilengkapi dengan fitur dan teknologi khusus untuk mendeteksi titik panas yang menjadi penyebaran malaria.

Selain itu, ilmuwan juga telah mengembangkan aplikasi khusus yang dapat menampilkan gambar rekaman drone secara langsung dan bisa dipantau para ilmuwan.

Dan bukan tidak mungkin, ke depannya drone akan "dipersenjatai" dengan obat penyemprot khusus untuk melakukan pengasapan dan memberantas nyamuk malaria.

Satelit untuk Memantau Penyebaran Malaria

Ilustrasi drone AS (Massoud Hossaini/AP)

Selain drone, implementasi teknologi lain yang digunakan untuk memantau penyebaran malaria adalah satelit milik NASA.

Para peneliti akan menyasar wilayah yang kerap banjir dan terjadi penggundulan hutan. Dengan sistem ini, peneliti berharap dapat memprediksi penyebaran penyakit hingga tiga bulan sebelum wilayah itu terjangkit.

Kendati demikian, sistem tersebut masih perlu disempurnakan sebelum benar-benar siap digunakan secara penuh. Menurut perkiraan, sistem dapat benar-benar dimanfaatkan dalam beberapa tahun ke depan.

Apabila berjalan lancar, penggunaan satelit ini dapat mencegah penyebaran penyakit malaria dalam waktu yang cukup singkat. Hal itu juga dapat membantu pemerintah setempat menemukan cara paling efisien untuk mengatasi penyakit ini.

Sekadar informasi, negara-negara berkembang di wilayah tropis sampai saat ini masih harus mendistribusikan jaring tidur, obat nyamuk, dan perangkat lain saat malaria menyerang. Melalui penerapan sistem itu, respons pemerintah dapat lebih tepat sasaran.

Selain malaria, metode ini disebut dapat diterapkan pula untuk memperkirakan penyebaran penyakit lain. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah penyakit yang juga disebabkan oleh nyamuk, seperti zika dan demam berdarah.

(Shintya Alfian/Jek)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: 6 Permainan Tradisional Paling Ikonik, Siap Bernostalgia?

Posted: 13 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan zaman, ada begitu banyak hal yang berubah dalam berbagai aspek kehidupan. Mau tak mau, orang-orang seolah 'terbawa arus' yang mungkin sebenarnya tak mereka inginkan. Salah satu hal yang tak terbantahkan adalah permainan tradisional yang kian terlupa.

Kecanggihan teknologi kini memang memberikan ragam pilihan permainan anak yang sangat menarik. Pilihan hiburan tersebut tentunya bisa dinikmati dari aplikasi-aplikasi permainan di gawai atau bahkan asyik bermain secara online.

Meski semakin terpinggirkan, kehadiran permainan tradisional sempat membuat kehidupan berwarna pada zamannya. Siap untuk bernostalgia ke memori masa kecil? Yuk, intip kembali enam permainan tradisional paling ikonik yang telah dirangkum Liputan6.com untuk cerita akhir pekan kali ini.

1. Congklak

Permainan tradisional ini juga biasanya disebut dakon. Langsung terima masa lalu? Tentu, karena congklak sangat ikonik dengan permainan yang membutuhkan papan congklak dengan dua baris yang menjorok ke dalam. Biasanya, papan ini terbuat dari kayu dan plastik sementara bijinya bervariasi dapat dari bebatuan kecil atau cangkang kerang.

Congklak dimainkan oleh dua orang dengan meletakkan satu persatu biji dalam lubang dan begitu seterusnya berlawanan dengan arah jarum jam. Bila biji habis di lubang kecil, pemain dapat mengambil dan melanjutkan mengisi.

Jika habis di lubang besar miliknya, pemain juga dapat melanjutkan. Namun jika habis di lubang kecil, pemain harus berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi depan. Lalu bila berhenti di lubang kosong lawan, pemain harus berhenti dan bertukar giliran.

2. Petak Umpet

Petak umpet adalah salah satu permainan tradisional yang tidak memerlukan alat bantu untuk bermain. Siapa pun dapat ikut ambil bagian dengan menentukan siapa yang akan 'menjaga' pertahanan agar tak dibobol oleh lawan.

Biasanya, peserta yang bertugas menjaga akan menutup mata dan menghitung terlebih dahulu. Di momen tersebut, mereka yang berbaris di belakang akan mencari tempat persembunyian agar tak ditemukan. Bagi mereka yang berhasil tak tertangkap, tidak akan menjadi yang menjaga.

Sementara, orang yang menjaga harus mencari teman-teman yang bersembunyi sembari menjaga. Namun, ada pula yang hanya diam dipertahanan untuk menjaga. Anda termasuk tim yang mana?

3. Lompat Tali

Seorang anak bermain permainan tradisional lompat tali di RPTRA Melati Duri Pulo, Jakarta, Sabtu (13/10). Traditional Games Returns (TGR) mengampanyekan permainan tradisional Indonesia untuk membangkitkan eksistensinya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Permainan tradisional ini tak kalah seru. Seperti namanya, permainan ini menggunakan karet sebagai media untuk bermain. Karet-karet tersebut terlebih dahulu dijalin menjadi satu rangkaian yang panjang.

Saat bermain pun ada dua orang yang memegang tali dari sisi kiri dan kanan. Peserta yang ikut harus melewati rintangan dari fase karet yang paling rendah hingga tinggi. Tahapan paling tinggi pun biasanya disebut 'merdeka', di mana peserta harus melewatinya dengan cara mengambil ancang-ancang cukup jauh untuk bisa lompat 'merdeka'. Super seru!

4. Galasin

Warga negara asing ikut bermain gobak sodor atau galasin dalam festival  permainan tradisional rakyat Maluku didepan Balai Kota Ambon, Maluku, Senin (7/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Galasin atau ada pula yang menyebut gobak sodor juga siap jadi salah satu permainan paling ikonik. Permainan ini umunya dilakukan di lapangann dengan beberapa garis yang telah dibuat.

Ada dua tim yang bermain dan biasanya terdiri atas tiga hingga lima orang. Untuk bermain ini, para anggora yang giliran menjaga agar tim lawan tak bisa melewati area yang dijaga. Sedangkan, tim lawan harus dapat melewati setiap baris hingga bagian belakang.

5. Gundu

Adu kelereng di Arena Kaulinan Barudak Purwakarta. (Liputan6.com/Abramena)

Berbekal gundu atau kelerang adalah alat yang dipakai untuk permainan tradisional ini. Beberapa orang dapat ikut ambil bagian dengan mempersiapkan persediaan gundu. Cara bermainnya dengan membuat lingkaran dari kapur dan meletakkan satu kelerang sebagai taruhan.

Para pemain lalu berjajar di belang garis dan bergantian melempar gundu gacoan sampai sedekat mungkin dengan gundu taruhan yang telah diletakkan dalam lingkaran. Gundu yang paling dekat dapat hak istimewa untuk bermain duluan. Namun bila ada yang mengenai gundu taruhan taruhan dialah yang berhak main lebih dulu.

6. Bekel

Bola bekel. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin).

Ketika berbicara permainan tradisional, sulit rasanya untuk tidak menyertakan bekel. Permainan yang melibatkan bola berbagai warna dan corak ini dimainkan bersama biji bekel yang biasanya terbuat dari kuningan atau pun besi.

Permainan bekel dapat diikuti oleh maksimal lima orang dengan mengumpulkan poin paling banyak. Aturan mainnya yakni dengan melempar bola ke atas dan harus kembali menangkapnya dan mengambil biji bekel. Masih ingat bukan cara bermainnya?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pencoblosan Pemilu 2019 di Luksemburg, Kotak Suara Keliling Diedarkan Hari Ini

Posted: 13 Apr 2019 07:59 PM PDT

Liputan6.com, London - Warga Indonesia di Belgia dan Luksemburg pada Sabtu 13 April menyampaikan hak suaranya di Pemilu 2019 melalui pencoblosan langsung di TPS yang bertempat di KBRI Brussel avenue de Tervuren 294.

Sejak pukul 8 pagi tadi, tempat pemilihan suara Pemilu 2019 di KBRI telah dikunjungi pemilih yang datang dari berbagai penjuru Belgia dan beberapa warga di Luksemburg.

Untuk warga di Luksemburg, PPLN Belgia akan mengadakan Kotak Suara Keliling yang dibuka pada hari ini, Minggu (14/4/2019) dari pukul 09.00-12.00.

Pencoblosan pada Sabtu kemarin bukan saja berlangsung di TPS di Belgia namun juga berbagai negara di belahan dunia lain.

Jumlah pemilih Pemilu 2019 yang tercatat oleh PPLN Belgia berjumlah 1.755 orang untuk wilayah Belgia dan Luksemburg. 489 orang di antaranya telah menyampaikan suaranya melalui pos.

 

Dubes Yuri Thamrin Berikan Suara di Belgia

ilustrasi pemilu/copyright Shutterstock

Duta Besar Indonesia di Brusel Yuri Thamrin memberikan suaranya pada pukul 11 pagi di TPS tiga beserta Ibu Sandra Thamrin di TPS 1 sementara Wakil Kepala Perwakilan dan Ibu Monamaria di TPS 2 dan diikuti staf KBRI lainnya.

Selesai menyampaikan hak suara, kesempatan ini juga menjadi ajang kebersamaan bagi seluruh warga Indonesia di Belgia yang dilengkapi dengan sajian snack dan masakan tradisional Indonesia.

Hingga pukul 18.00 sore ini TPS akan dibuka. Saksi yang hadir di TPS KBRI Brussel berasal masing-masing satu orang dari Paslon 01, Paslon 02, Gerindra dan PKS. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Pastikan Pemilu di DKI Jakarta Berjalan Baik dan Lancar

Posted: 13 Apr 2019 07:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan tiga pesan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 di wilayah Jakarta.

"Pertama, pastikan proses lancar dan baik. Kita yang berada di lapangan ini adalah orang-orang di belakang layar, tapi kalianlah yang dapat membuat proses lancar dan baik," ucap Anies saat apel siaga PPK dan PPS, Sekretariat PPK dan PPS, dan Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019 se-Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Kedua, Anies menegaskan, 29 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di DKI Jakarta adalah amanat yang dititipkan kepada Ibu Kota, sebagai barometer pesta demokrasi berjalan baik dan lancar.

"Jadi, pegang ini sebagai amanat, sampaikan ke yang di rumah, saya berangkat dengan harga diri tak bisa dikompromikan tunjukkan Jakarta jadi tempat penyelenggaraan berintegritas," tegas Anies.

Terakhir, Anies meminta kepada jajarannya untuk bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para penyelenggara Pemilu, seperti KPU provinsi, dan Bawaslu agar semua bisa berjalan baik, aman, lancar.

"Saya minta seluruh jajaran, fasilitasi sebaiknya, jangan hanya urun angan, tapi turun tangan. Bantu teman-teman di garis depan, penuhi sebaiknya," kata Anies.

Ingin Kondusif

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Yopi Makdori)

Sebelumnya, saat apel pengamanan pemilu serentak bersama jajaran TNI, Polri, Pemprov se-wilayah Jakarta di Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada Rabu 27 Februari 2019, Anies meminta agar seluruh pihak bekerja sama mengamankan Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

"3 unsur TNI Polri dan Pemprov akan terus kerja bahu-membahu memastikan bahwa persiapan pelaksanaan dan pasca-Pemilu Ibu kota tetap kondusif. Alhamdulillah sejauh ini berjalan dengan lancar," kata Anies.

Anies menyampaikan pentingnya menjaga keamanan Jakarta, khususnya selama pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab sebagai Ibu Kota, apa saja yang terjadi di Jakarta akan berpengaruh di seluruh Indonesia.

"Saya garis bawahi pada saat apel bahwa suasana yang terbentuk di Jakarta akan mempengaruhi suasana di seluruh Indonesia," kata dia.

"Karena itu bagi kita semua yang mendapatkan tugas untuk mengamankan Jakarta ini adalah tugas yang sangat strategis dan sangat penting. Pandanglah ini sebagai sebuah penghormatan," tambah Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Playoff NBA: Tekuk Clippers, Warriors Menangi Game 1

Posted: 13 Apr 2019 07:55 PM PDT

Liputan6.com, California- Golden State Warriors sukses menangi game pertama di playoff NBA saat melawan LA Clippers. Warriors ungguli Clippers 121-104.

Stephen Curry, point Guard Warriors tampil fantastis dengan double double. Dia mencetak 38 poin dan 15 rebound pada play off NBA yang berlangsung di Oracle Arena, Minggu (14/4/2019) pagi WIB.

Curry juga menorehkan sejarah di playoff NBA. Dia mengalahkan rekor Ray Allen sebagai pencetak 3 poin terbanyak di playoff NBA dengan torehan 386 poin.

Sedangkan di kubu Clippers, Montrezl Harrell mencetak poin tertinggi 26 poin. Meski start dari bangku cadangan, dia mampu memberi kontribusi terbanyak. Disusul Lou Williams dengan 25 poin.

Dengan keunggulan ini, Warriors unggul 1-0 di playoff NBA melawan Clippers. Game 2 akan diselenggarakan di Oracle Arena pada Selasa (16/4/2019) pagi WIB nanti.

 

Jalannya Pertandingan

Center LA Clippers, Danilo Gallinari saat beraksi melawan dua pemain Golden State Warriors pada game 1 playoff NBA (AP Photo/Ben Margot)

Golden State Warriors memang sudah dominan sejak kuarter pertama. Lewat permainan apik Stephen Curry, juara NBA dua musim beruntun ini sukses unggul 36-27 atas Clippers.

Di kuarter kedua, Clippers terus memberi perlawanan. Tiga poin Alexander Gilgeous sempat membuat Clippers mendekat 45-47.

Meski begitu, Warriors masih menunjukkan taringnya di kuarter kedua. Dengan tambahan 33 poin, Warriors akhiri kuarter kedua dengan 69-56.

Pada kuarter ketiga, Warriors masih tancap gas. Warriors terus tinggalkan Clippers 98-79.

Kuarter Penentuan

Pada kuarter penentuan atau empat, Clippers masih belum bisa memperbaiki penampilan. Dalam waktu 5 menit, Clippers hanya mampu menambah 10 poin sehingga tertinggal 89-105 dari Warriors.

Menyisakan 5 menit 37 detik permainan, Clippers mulai mengancam lewat 3 poin Gilgeous yang membuatnya koleksi 16 poin. Dia membuat Clippers mendekat 95-108.

Pertandingan berjalan keras. Kevin Durant dan Beverley terkena fall out dan harus tinggalkan lapangan karena sudah melakukan tecnical foul.

Warriors mainkan Kevin Looney gantikan Durant, sedangkan Clippers masukkan Shamet saat Warriors masih unggul 112-95. Warriors akhiri perlawanan Clippers dengan keunggulan 121-104.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarak Pemilu di Prancis, WNI Titipkan Asa Tinggi di Bilik Suara

Posted: 13 Apr 2019 07:50 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Imelda Roux sudah 16 tahun tinggal di Hauts-de Seine, dan bersuamikan pria Prancis. Meski sudah lama bermukim jauh dari Tanah Air, Imelda tak mau melewatkan kesempatan memberikan suara dalam Pemilu 2019 di Paris, Sabtu (13/4/2019).

Ditemani sang suami, Imelda sejak pagi sudah tiba di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, di berlokasi di 47 Rue Cortambert. Sekitar pukul 11.00 waktu lokal, dia sudah menyalurkan haknya sebagai warga negara Indonesia, dengan mencoblos di bilik suara. Dia sudah menetapkan calon presiden dan wakil presiden pilihannya dalam Pemilu 2019.

"Meskipun tinggal di Paris, saya selalu mencoblos setiap pemilu. Sebagai WNI, saya sudah pasti punya kaitan batin dengan Indonesia. Jadi saya mencoblos," kata Imelda kepada Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019).

"Tadi agak sulit ke sini, karena sedang ada demonstrasi rompi kuning, jadi jalan banyak diblokade, sehingga agak sulit mencapai KBRI. Banyak juga beberapa WNI lain yang kesulitan. Tapi, untungnya tetap bisa nyoblos," imbuh dia.

Imelda mengaku selalu mengikuti perkembangan di Indonesia melalui media. Dia mengaku senang dengan pesatnya pembangunan yang terus dilakukan Indonesia. Melalui suara yang disalurkannya dalam pemilu, Imelda menitipkan harapan tinggi.

"Saya berharap Indonesia jadi semakin maju dan maju. Tentu saja maju dalam segala hal, tapi terutama dalam hal pendidikan mental," kata Imelda.

Tak Mau Hak Suara Terbuang

Warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Paris, Prancis pada Sabtu 13 April 2019 (Yus Mei Sawitri / Liputan6.com)

Berbeda dengan Imelda yang sudah berpengalaman berpartisipasi di Pemilu, Qissy Presea baru kali pertama terlibat dalam pesta demokrasi tersebut. Ini kali pertama mahasiswi berusia 20 tahun tersebut memberikan suaranya di pemilu.

Mahasiswi Universitas Rennes berusia 20 tahun itu tersebut mengaku tak mau hak suaranya terbuang percuma, apalagi ini pengalaman pertamanya ikut pemilu.

Qissy tak asal-asalan dalam menentukan pilihan. Dia mengaku rajin mengikuti debat calon presiden dan wakil presiden melalui situs streaming video. Selain itu, dia juga banyak berdiskusi dengan teman dan keluarga. Namun, keputusan akhir tetap diambilnya sendiri.

Meskipun masih terbilang muda, Qissy juga punya harapan yang tinggi dengan terlibat di pemilu kali ini. Dia berharap Indonesia jauh melangkah ke depan.

"Harapan saya ingin melihat lingkungan Indonesia yang lebih baik. Kesehatan mental juga dinilainya sebagai hal penting yang harus diperhatikan dengan serius oleh Indonesia untuk ke depan," kata mahasiswi asal Batam tersebut.

"Di bidang pendidikan, saya ingin anak-anak Indonesia harus memiliki kebebasan untuk berkembang sesuai kemampuannya sendiri-sendiri," tegas Qissy.

Total 2.229 WNI di Prancis Masuk DPT

Warga negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Paris, Prancis pada Sabtu 13 April 2019 (Yus Mei Sawitri / Liputan6.com)

Total ada 2.229 WNI di Prancis yang masuk daftar pemilih tetap (DPT), serta 153 DPTb. Adapun yang masuk daftar pemilih khusus sebanyak 101 orang.

KBRI Paris membuka tiga TPS pada pemilu kali ini, semuanya di gedung KBRI, tapi di ruangan berbeda, yaitu Balai Budaya, Aula, dan Galeri Budaya.

"Pemilih ada yang datang langsung ke TPS, ada juga yang mencoblos melalui pos. Kalau lewat pos, kertas suara sudah kami kirim sejak 13 Maret," kata Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri Paris, Rudjimin.

Rudjimin mengatakan dibanding lima tahun lalu, antusiasme WNI di Prancis untuk terlibat di Pemilu lebih besar. Tahun lalu, WNI yang terdaftar di DPT hanya sekitar 700 orang. Adapun kini naik lebih daripada tiga kali lipat.

"Lima tahun lalu partisipasinya pemilih hanya 35 persen, tahun ini sepertinya lebih antusias. Salah satu penyebabnya karena adanya pencocokan data pemilu, sehingga prosesnya lebih detail," ujar Rudjimin.

Hari pencoblosan di Paris bukan hanya menjadi pesta demokrasi. Namun, WNI juga bisa melampiaskan kerinduan terhadap makanan Indonesia. Kantin KBRI menjual berbagai makanan khas Indonesia, yang langsung diserbu para WNI yang datang. Antrean masuk kantin tampak semarak.

"Tentu WNI yang datang juga rindu makanan Indonesia. Apalagi menu di kantin KBRI enak-enak," imbuh Rudjimin sembari tersenyum.

 

Reporter: Yus Mei Sawitri (Bola.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Rela Lepas Dybala demi Wonderkid Benfica

Posted: 13 Apr 2019 07:50 PM PDT

Jakarta Juventus dikabarkan Tuttosport kepincut dengan wonderkid Benfica, Joao Felix. Demi bisa mendapatkan pemain 19 tahun itu, Juve siap melepas Paulo Dybala ke klub lain pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Felix merupakan satu di antara pemain muda yang mencuri perhatian pada musim ini. Pemain yang baru dipromosikan dari Benfica B tersebut berhasil mendulang 15 gol dan tujuh assist dari 36 pertandingan di seluruh ajang.

Teranyar, dia berhasil mencetak hattrick saat Aguias menang 4-2 atas Eintracht Frankfurt, dalam laga leg pertama perempat final Liga Europa di Estadio da Luz, Kamis (11/4/2019).

Penampilan apik Joao Felix tersebut membuat Juventus berminat mendapatkan jasanya. Akan tetapi, manajemen I Bianconeri harus mengeluarkan dana hingga 100 juta euro (Rp 1,5 triliun) demi bisa memboyong Felix ke Allianz Stadium.

Selain harus menggelontorkan dana yang tak sedikit, Juventus juga akan bersaing dengan sejumlah klub besar Eropa untuk mendapatkan pemain asal Portugal itu, mulai dari Bayern Munich, Real Madrid, Barcelona, Manchester City, dan Manchester United.

Meski begitu, Juventus siap mengucurkan mahar 100 juta euro untuk meminang Joao Felix. Mereka pun berharap bisa mendapatkan dana tersebut hasil dari penjualan Paulo Dybala.

Paulo Dybala Kehilangan Tempat di Juventus

8. Paulo Dybala (Juventus) - 5 gol (AFP/Marco Bertorello)

Pemain asal Argentina tersebut mulai kehilangan tempat di lini depan Juventus. Kehadiran Cristiano Ronaldo dan mengilapnya performa Moise Kean membuat Dybala lebih sering tampil sebagai second striker, atau duduk dibangku cadangan.

Sejauh ini, Paulo Dybala baru mencetak 10 gol dan enam assist dari 37 pertandingan di seluruh ajang. Terakhir kali dia mencatatkan namanya di papan skor adalah saat Juve menang 2-1 atas AC Milan di Allianz Stadium, 6 April 2019.

Tak heran jika Juventus siap melepas pemain 25 tahun tersebut pada bursa transfer awal musim depan. Manchester United dan Bayern Munchen pun kepincut menggaet Paulo Dybala dari La Vecchia Signora.

Sumber: Football Italia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Densus 88 Tangkap Dua Terduga Teroris di Yogyakarta

Posted: 13 Apr 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua pria yang diduga teroris di RT 43 RW 13 Kelurahan Prawirodirjan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Sabtu 13 April 2019.

Ketua RT 43, Dwi Santoso membenarkan penangkapan terhadap dua terduga teroris oleh sejumlah aparat berpakaian preman tersebut di wilayahnya. Tepatnya di luar sebuah masjid di Jalan Ireda Nomor 1A Kota Yogyakarta, pukul 09.15 WIB.

"Memang benar ada dua orang (yang ditangkap) tapi saya tidak tahu identitas yang satunya. Ditangkap saat di luar masjid," kata Dwi seperti dilansir Antara.

Salah satu pria yang ditangkap, lanjut dia, berinisial AM. AM bukanlah warga setempat melainkan warga Mergangsan, Kota Yogyakarta yang menumpang di rumah kontrakan orangtuanya, bersama anak dan istrinya di RT 43, RW 13 Kelurahan Prawirodirjan.

Menurut dia, tidak ada pemberitahuan dari kepolisian kepadanya mengenai rencana penangkapan terduga teroris itu. Sejumlah aparat berpakaian preman hanya sempat memintanya untuk mematikan CCTV sebelum melakukan penangkapan.

"Tadi cuma bilang saya disuruh mematikan CCTV dulu. Lalu saya punya acara ngantar anak saya kebetulan baru ujian di kampus," ujar Dwi.

 

Istri dan Anak Dipulangkan

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Penangkapan terduga teroris tersebut, kata dia, berlangsung singkat. Setelah penangkapan itu kemudian datang kembali puluhan polisi berpakaian preman ke rumah kontrakan orang tua AM.

Istri dan anaknya sempat dibawa aparat, namun dipulangkan pada sore harinya.

Menurut Dwi, tidak ada aktivitas yang mencurigakan yang diperlihatkan Agus beserta keluarga. Hanya saja yang diketahui warga, Agus merupakan sosok pendiam dan aktif dalam berbagai kegiatan masjid.

"Aktivitas di kampung seperti biasa tidak ada yang ganjil. Dia tipe pendiam, tidak banyak omong," ucapnya.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari aparat kepolisian mengenai penangkapan itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan vs Lazio, Gattuso: Rossoneri Menangi Pertempuran di Lini Ini

Posted: 13 Apr 2019 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso, memuji penampilan anak asuhnya yang dinilai sudah memberikan segalanya saat melawan Lazio. Gattuso menyebut AC Milan telah memenangkan pertempuran.

Seperti diketahui, AC Milan mencatat hasil positif di pekan ke-32 Liga Italia Serie A 2018/2019. Milan menang tipis 1-0 atas Lazio di Stadion San Siro, Minggu dini hari WIB (14/4/2019).

AC Milan berhasil mengalahkan Biancoceleste lewat gol penalti Franck Kessie. Meskipun keputusan wasit ini sempat mendapat protes dari pemain Lazio.

"Untuk bermain melawan Lazio, Anda harus mengambil pendekatan ini. Anda membutuhkan kecepatan, teknik, dan fisik," kata Gattuso kepada DAZN.

"Kami sudah menunjukkan seminggu yang lalu melawan Juve bahwa kami membaik, sementara malam ini kami memenangkan pertempuran di lini tengah dan melakukannya dengan baik untuk membawanya pulang. Tim melakukan tugasnya," uajrnya.

Jalan Kemenangan

Penyerang SS LAzio, Ciro Immobile hentikan pergerakan Lucas Paqueta pada laga semifinal Coppa Italia yang berlangsung di stadion Olimpico, Roma, Rabu (27/2). AC Milan bermain imbang 0-0 kontra SS Lazio. (AP Newsroom)

Selain memberi apresiasi pada anak asuhnya, Gattuso juga sempat memberikan motivasi lain.

"Para pemain harus berjuang untuk jersey [AC Milan]. Pelatih datang dan pergi, klub tetap ada. Adalah tugas kami untuk menampilkan kinerja yang kuat," kata Gattuso.

"Dan, kami harus memuji para pemain ini yang, meskipun usia mereka masih muda, memberikan segalanya. Momen negatif tidak bisa dihindari, tetapi kita kembali ke jalan kemenangan. "

Insiden

Namun, usai pertandingan beberapa adegan buruk merusak kemenangan Milan. Ketegangan antar-pemain meletus menjadi keributan di akhir pertandingan. Luiz Felipe dan Fabio Borini terlihat berselisih.

Setelah itu, masih ada lagi kontroversi lain, ketika Tiemoue Bakayoko dan Franck Kessie berpose dengan seragam pemain belakang Lazio Francesco Acerbi di depan para penggemar AC Milan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Top Scorer Piala Presiden 2019, Gelandang Persija Belum Puas

Posted: 13 Apr 2019 07:40 PM PDT

Jakarta Kiprah Persija Jakarta di Piala Presiden 2019 hanya sampai fase 8 besar. Namun, tim ibu kota itu mampu membawa dua trofi di pengujung penyelenggaraan turnamen pramusim itu.

The Jakmania, kelompok suporter Persija, dinobatkan sebagai suporter terbaik di Piala Presiden 2019, sedangkan gelandang serang mereka, Bruno Matos, berhasil jadi top scorer Piala Presiden 2019.

Bruno Matos memang tidak sendirian memenangi gelar top scorer. Ada dua pemain lain yang juga mengoleksi lima gol, seperti jumlah gol yang dihasilkan pemain asal Brasil itu. 

Dua pemain itu adalah Manuchehr Jalilov (Persebaya) dan Ricky Kayame (Arema). Kebetulan, dua pemain itu berhasil membawa klub masing-masing hingga partai final. 

Meski begitu, Bruno Matos tetap mensyukuri pencapaiannya di Piala Presiden edisi kali ini.

"Puji Tuhan. Terima kasih Tuhan. Terima kasih keluarga, semua pemain Persija, dan Jakmania yang terus mendukung saya. Ini gelar untuk kalian," ujar Bruno mengomentari gelar top scorer yang berhasil diraihnya seperti dikutip dari situs resmi klub, Sabtu (13/4/2019).

Bruno Matos menambahkan ia ingin menjadikan prestasi ini sebagai campuk buatnya tampil lebih baik lagi bersama Persija, terutama di Liga 1 2019 serta Piala AFC 2019 yang sedang dilakoni tim Macan Kemayoran.

 

Terus Berjuang

"Semoga gelar ini bisa menjadi motivasi sendiri bagi saya di Persija. Apalagi liga akan dimulai dan kami terus berjuang di Piala AFC 2019," imbuhnya.

Di sisi lain, keberadaan Bruno Matos sebagai top scorer di Piala Presiden seolah meneruskan prestasi tahun lalu. Pada Piala Presiden 2018, penyerang Persija, Marko Simic, juga keluar sebagai top scorer turnamen pramusim itu dengan koleksi 11 gol.

Sumber: Persija

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: AC Milan Terus Pepet Inter

Posted: 13 Apr 2019 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus secara mengejutkan menelan kekalahan di kandang SPAL pada pekan ke-32 Liga Italia Serie A 2018/2019. Juventus kalah 1-2 di Paolo Mazza, Sabtu (13/4/2019).

Hasil ini memang tidak merubah posisi Juventus di klasemen sementara Liga Italia. Mereka masih memimpin klasemen dengan 84 poin dari 32 laga. Sedangkan, SPAL masih tertahan di urutan ke-13 dengan 35 angka.

Namun, kekalahan ini membuat Juventus harus menunggu lebih lama untuk mengunci gelar scudetto. Sebenarnya, Juventus hanya butuh satu poin untuk memastikan gelar juara Liga Italia 2018/2019.

AC Milan, yang tengah berjuang menembus kembali posisi papan atas, berhasil menang tipis 1-0 atas Lazio di San Siro dini hari tadi.

AC Milan berhasil mengalahkan Biancoceleste dengan skor 1-0 lewat gol penalti Franck Kessie.

Amankan Posisi

3. Krzysztof Piatek (AC Milan) - 18 gol (AFP/Marco Bertorello)

Tambahan tiga angka membuat Milan masih mengamankan posisi empat dengan raihan 55 poin dari 32 laga. Sedangkan, Lazio tertahan di peringkat 8 dengan koleks 49 poin dari 31 laga.

Sementara itu, AS Roma kalahkan Udinese 1-0 di Stadion Olimpico. Roma baru bisa mencetak gol lewat sepakan Dzeko pada babak kedua.

Roma kini ada di peringkat keempat dengan 54 poin dari 32 pertandingan. Sedangkan Udinese ada di posisi ke-16 dengan 32 poin.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya:

Klasemen

 

FcTables.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: