Senin, 08 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ultah Jonghyun SHINee Dirayakan Sang Kakak dengan Mengharukan

Posted: 08 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pada Minggu (7/4/2019) lalu fans merayakan ulang tahun mendiang Jonghyun SHINee. Para penggemar pun mengucapkan selamat melalui media sosial. Bahkan, rekan selebriti termasuk Taeyeon Girl's Generation turut menyampaikannya.

Tak ketinggalan kakak Jonghyun SHINee, Kim Sodam, memberikan sebuah hadiah istimewa untuk mendiang adiknya. Kim Sodam membuat cover lagu milik Jonghyun berjudul "Happy Birthday". Dengan suara yang merdu, Kim Sodam terdengar begitu fasih menyanyikan lagu tersebut.

Tak hanya menyanyikan lagu adiknya, Kim Sodam juga mengubah liriknya dengan kalimat yang lebih menyentuh. Video tersebut diunggah melalui saluran YouTube 'Shiny Foundation'. Sebuah ucapan ulang tahun singkat untuk Jonghyun SHINee dibuat dalam keterangan video tertulis.

"Happy Birthday. Jonghyun-a, selamat ulang tahun haha," tulis Kim Sodam dalam kotak deskripsi video tersebut.

Suara Merdu Kakak Jonghyun

Melalui akun Instagram-nya, Key mengunggah foto lengkap lima personel. Pada postingan itu tampak kelima personel SHINee memegang kertas warna-warni untuk menyemangati para penggemarnya. (Foto: instagram.com/bumkeyk)

Sebagian besar warganet mengungkapkan terima kasih kepada Kim Sodam yang telah memberikan kado istimewa tersebut. Banyak dari mereka yang memuji suara merdu Kim Sodam. Mereka juga menuliskan ucapan selamat ulang tahun kepada Jonghyun di kolom komentar unggahan tersebut

Video yang diunggah pada hari Minggu (7/4/2019) itu telah disaksikan setidaknya oleh 74 ribu pengguna YouTube dan disukai oleh 15 ribu pengguna.

Penulis: Kistin Septiyani/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cosplay Film Dunia Versi Low Budget Ini Bikin Ngakak

Posted: 08 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Permainan kostum atau Cosplay merupakan istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun.

Pelaku permainan kostum disebut pemain kostum/cosplayer. Di kalangan penggemar, cosplayer juga disingkat sebagai coser. Cosplay sendiri identik dengan bujet mahal, terlebih jika costum player ingin terlihat sempurna. Maklum saja, sebab ada banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari kostum, aksesori, hingga riasan.

Namun, di tangan seorang pria asal Thailand bernama Anucha "Cha" Saengchart menjadi cosplay enggak perlu keluar biaya mahal. Seperti yang diunggah dalam akun Instagram @lowcost_cosplay yang membuktikan menjadi cosplay bisa kamu lakukan dengan biaya yang murah meriah namun dengan hasil yang menakjubkan.

Anucha mampu mendobrak persepsi masyarakat mengenai cosplay dengan harga fantastis. Kreasinya ini tak hanya memberikan ide segar bagi penikmatnya, namun menjadi sebuah karya yang cukup menggelitik. Cosplay dengan dana yang pas-pasan ini cukup menarik dan tentunya membutuhkan kreasi yang cukup lihai pula.

Berikut Liputan6.com rangkum 6 cosplay film dunia versi low budget ini bikin ngakak, Selasa (9/4/2019).

1. Scott Summers alias Cyclops X-Man versi murah meriah

View this post on Instagram

😂😂😂 #lowcostcosplay #lowcost #funny

A post shared by Lowcost Cosplay (@lowcost_cosplay) on

2. Cambuk Wonder Women gaya lampu smartphone

3. Aquanman vs lakbanman

View this post on Instagram

AQUA MAN PART 2 😂 #lowcostcosplay #lowcost #funny

A post shared by Lowcost Cosplay (@lowcost_cosplay) on

4. Kwetieu ala Pirates of the Caribbean

5. Captain America baru selesai cat rambut

6. Song Joong Ki versi songong kaki dipipi

7. Original X-men dengan cakar 4

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Persebaya: Sempat Alami Degradasi dan Dualisme, Kini ke Final Piala Presiden 2019

Posted: 08 Apr 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Derbi Jatim yang mempertemukan Persebaya Surabaya dan Arema FC akan menjadi suguhan menarik di partai puncak final Piala Presiden 2019. Kedua tim asal Jawa Timur itu dikenal menjalin rivalitas tinggi di sepak bola nasional.

Jauh sebelum partai ini digelar, Persebaya pernah mengalami momen buruk, tepatnya pada Indonesia Super League (ISL) 2009-2010. Saat Arema menjuarai kompetisi tersebut, Persebaya justru mengalami degradasi, namun dengan cara yang aneh.

Ketika itu, Persebaya seharusnya berjumpa Persik Kediri pada 29 April 2010 di Stadion Briwijaya, Kediri. Laga itu amat penting karena kemenangan akan membuat mereka mendapatkan tiket playoff agar tidak terdegradasi. Pertemuan itu ditunggu oleh Pelita Jaya yang juga berjuang mendapatkan playoff.

Sayang, pertemuan itu tak pernah digelar. Saat di Kediri, Persik tidak mengantongi izin keamanan yang membuat laga dipindah ke Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, 6 Mei 2010. Lagi-lagi, Persik tidak mengontongi izin keamanan di Yogyakarta.

Sesuai regulasi, Persebaya seharusnya menang tanpa bertanding dan mendapat kemenangan dengan skor 3-0. Alih-alih melakukannya, PT Liga Indonesia kemudian memindahkan laga ini di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, pada 5 Agustus 2010. Persebaya enggan datang karena merasa dikerjai oleh PSSI.

Alhasil, klub berjulukan Bajul Ijo itu dinyatakan kalah dan harus puas dengan finis di peringkat ke-17 dan mengoleksi 36 poin. Mereka kalah dari Persik dan Pelita Jaya yang sama-sama mengoleksi 39 poin. Pelita Jaya yang unggul selisih gol mendapatkan tiket play-off dan menang 4-2 dalam adu penalti melawan Persiram Raja Ampat (10/8/2018). Persebaya dan Persik dipastikan degradasi. 

Akibat insiden itu, manajemen Persebaya kemudian mengambil keputusan tak ingin berlaga di Divisi Utama (kasta kedua) 2010-2011. Sebagai wujud protes, mereka berkompetisi di LPI 2011 yang merupakan kompetisi tandingan ISL.

 

Dualisme hingga Tak Diakui PSSI

Persebaya saat latihan. (Bola.com/Aditya Wany)

Pada momen inilah, muncul sebuah tim yang bernama serupa. Mereka menggunakan nama Persebaya DU dan mendatangkan pemain Persikubar Kutai Barat untuk menggantikan kiprah Persebaya. Klub terakhir ini sekarang telah bernama Bhayangkara FC.

Keputusan meninggalkan kompetisi resmi berbuntut panjang hingga dualisme. Persebaya 1927, nama yang digunakan untuk membedakan dengan Persebaya DU, masih berkompetisi di IPL pada musim 2011-2012 dan 2013. Dualisme kompetisi masih mewadahi mereka berkiprah.

Tapi, lain halnya dengan musim 2014. Persebaya 1927 telah hilang. Sebagai penggati Persebaya DU yang naik kasta ke ISL 2014 muncul dengan menggunakan nama Persebaya Surabaya. Selama lebih dari lima tahun dualisme, Bonek dalam kondisi gamang melihat klub idamannya tidak bertanding. PSSI pun tak mengakui.

Penantian Bonek itu akhirnya semakin jelas saat Persebaya tandingan berganti nama mulai dari Persebaya, Bonek FC, Surabaya United, hingga Bhayangkara Surabaya United. Klub tandingan itu tak bisa lagi memakai berbagai atribut yang identik dengan Persebaya, sampai akhirnya memakai nama Bhayangkara FC setelah saham mayoritasnya dibeli oleh Polri pada 2016.

Tahun 2017, Bonek semakin tidak sabar melihat Persebaya yang asli diakui oleh PSSI. Pada 8 Januari 2017, harapan semua pecinta Persebaya akhirnya terkabul. Klub yang lahir pada 1927 itu diakui PSSI sebagai anggota. Tapi, mereka harus memulai dari Liga 2, tidak langsung masuk Liga 1.

 

Kembali ke Kasta Tertinggi, Liga 1 2018

Bonek dan Viking atau Bobotoh membaur pada satu tribune di Stadion Gelora Bung Tomo, saat pertandingan Persebaya kontra Persib, Kamis (26/7/2018) malam. (Bola.com/Aditya Wany)

Berada di bawah kepemilikan sebuah media di Jawa Timur, Persebaya kemudian mulai membangun tim untuk melakukan persiapan Liga 2 2017. Beberapa pemain muda didatangkan. Mereka menyesuaikan dengan regulasi kompetisi yang mengharuskan skuat didominasi pemain di bawah 25 tahun.

Sebagai pemanasan, Persebaya kemudian mengikuti Piala Dirgantara 2017. Mereka berhasil meraih gelar juara di turnamen tersebut di bawah arahan pelatih kepala Iwan Setiawan. Sayang, perjalanan Iwan tidak lama karena berkonfrontasi dengan Bonek pada Mei 2017.

Setelah sempat ditangani Ahmad Rosidin sebagai interim, Persebaya lalu menunjuk pelatih asal Argentina, Angel Alfredo Vera. Nama satu ini agak asing di telinga Bonek. Tapi, Alfredo sendiri punya prestasi membawa Persipura Jayapura menjuarai ISC A 2016.

Alfredo kemudian mulai menata skuat yang dimilikinya. Dia benar-benar memoles pemain muda macam Irfan Jaya, Muhammad Hidayat, Miswar Saputra, Abu Rizal, Oktafianus Fernando, Misbakus Solikin, dan Rachmat Irianto. Semua nama itu belum dikenal publik secara luas sebelum bergabung Persebaya.

Pelatih berusia 46 tahun itu sempat kesulitan dan kalah 0-1 dari PS Badung dan imbang 1-1 dari Persik Kediri dalam laga uji coba. Begitu tampil di Liga 2, Alfredo mampu mengubah semangat juang dan mental pemberani para pemainnya.

Dari babak penyisihan, Persebaya berhasil menjuarai grup. Sampai seterusnya Bajul Ijo masuk ke perempat final, semifinal, hingga menjadi juara dengan mengalahkan PSMS Medan di partai puncak kompetisi kasta kedua itu. Persebaya akhirnya promosi ke Liga 1.

Mental juara para pemain Persebaya mulai terbangun sejak saat itu. Tapi, kebanyakan dari mereka belum berpengalaman di kasta tertinggi. Hal itulah yang kemudian membuat Persebaya sempat terseok-seok di beberapa pekan awal.

Padahal, nama-nama beken dan berpengalaman sudah bergabung dengan klub ini. Sebut saja Otavio Dutra, Robertino Pugliara, Osvaldo Haay, Ruben Sanadi, Nelson Alom, Fandi Eko Utomo, hingga David da Silva yang merupakan striker fenomenal.

Setelah tiga kekalahan beruntun, Alfredo mendapat tekanan mundur dari Bonek. Manajemen menyebut dirinya mundur pada awal Agustus, tapi belakangan Alfredo mengaku dipecat.

Persebaya saat itu masih tercecer di peringkat ke-15 setelah melewati 18 pertandingan. Manajemen menunjuk Sugiantoro sebagai pelatih interim. Lisensinya yang masih AFC B belum bisa membuatnya menjadi pelatih kepala. Beberapa pekan kemudian, Djadjang Nurdjaman muncul sebagai pengganti.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu tidak langsung menjalani pertandingan debutnya dengan mulus bersama Persebaya. Dia justru menelan kekalahan 0-2 dari PS Tira (kini Tira Persikabo) di hadapan Bonek (11/9/2018).

Titik keberhasilan Persebaya terjadi justru melawan mantan klub Djanur, Persib Bandung. Dalam laga bertajuk Perang Dulur, merujuk pada persaudaraan suporter kedua tim, Persebaya menang 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, 20 Oktober 2018.

Berikutnya Madura United, Persija Jakarta, PSM Makassar, Bali United, dan Bhayangkara FC menjadi korban keganasan Persebaya. Padahal, semua klub tersebut dikenal sebagai klub papan atas selama beberapa musim terakhir. Persebaya finis di peringkat kelima Liga 1 2018 dengan 50 poin.

 

Mengawali 2019 dengan Tak Terkalahkan hingga Final Piala Presiden

Pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, saat mendampingi tim dalam sesi latihan. (Bola.com/Aditya Wany)

Memasuki tahun 2019, Persebaya masih mempertahankan Djanur sebagai arsitek tim. Djanur kemudian mendatangkan sejumlah pemain berpengalaman macam Novan Sasongko, Hansamu Yama, dan Manuchehr Jalilov. Tak lupa, dua pemain asing baru yang sangat berkualitas pada diri Amido Balde dan Damian Lizio.

Kehadiran pemain baru itu dikombinasi dengan pemain lama yang masih muda seperti yang sudah disebutkan di atas. Nama-nama pemain yang bergabung sejak Liga 2 dipertahankan dan semakin matang menghadapi musim baru.

Alhasil, Persebaya menjadi satu-satunya tim tak terkalahkan selama 2019, termasuk Piala Indonesia dan Piala Presiden. Kini, mereka malah masuk ke final Piala Presiden 2019 dan kembali ke persaingan elit setelah jalan panjang. Lawan yang akan dihadapi pun bukan sembarangan, yakni Arema FC yang tak lain rival sesama klub Jawa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Alasan Mengapa Indonesia Sering Diguncang Gempa

Posted: 08 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paling baru, gempa terjadi di Minahasa dengan magnitudo 5,3 kemarin (8/4/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Gim Online, Tagihan Orangtua Ini Bengkak hingga Rp 11 Juta

Posted: 08 Apr 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini, sebuah unggahan dari pengguna akun Facebook bernama Ririn Ike Wulandari viral di internet.

Unggahan itu berkisah mengenai cerita pribadinya yang tagihan layanan pascabayar bobol hingga angka Rp 11 juta gara-gara gim online yang dimainkan oleh sang anak.

Dalam unggahan tertanggal 5 April 2019, Ririn menuliskan dengan huruf kapital judul curhatnya yakni "GAME ONLINE JEBOL TAGIHAN KARTU PASCABAYAR = Rp 6 JUTA."

Dengan unggahan tersebut, dia ingin berbagi sekaligus mengingatkan kepada orangtua lainnya untuk melek dengan smartphone masing-masing, agar terhindar dari kejadian serupa.

Pasalnya, Ririn dan sang suami dibuat shock karena tagihan telepon yang tembus hingga Rp 6,1 juta hanya dalam waktu kurang dari sebulan, yakni 3-28 Maret 2019 karen gim online

Tidak cukup sampai situ, ketika dirinya mendatangi kontak layanan pelanggan operator yang dipakai, dia baru tahu ternyata ada tagihan lainnya dengan total Rp 4,8 jutaan untuk bulan April.

"Setelah saya hitung, total transaksi tanggal 1 dan 2 April totalnya Rp 4,8 juta. Jika dihitung semua totalnya Rp 11,5 juta," tulisnya dalam status yang kedua.

Awal Cerita

Titan Legend, gim mobile yang meniru Overwatch. (Ubergizmo)

Rupanya, sang anak yang merupakan gamer dari tiga gim mobile kenamaan Free Fire, Mobile Legends, dan Minecraft menggunakan kartu prascabayar sang ayah untuk melakukan pembelian diamond demi naik level berikutnya.

"Awalnya anak saya yang pertama beli Rp 50 ribu lewat Indom***t, ketahuan pas saya nemu struk tertinggal di motor, beli juga nggak bilang-bilang dan pas saya sakit. Spontan saat emak tahu, pasti marah-marah, dan semua berlalu," tulisnya.

Ia pun baru menyadari kalau tagihan layanan pascabayarnya di sebuah operator telko membengkak saat sedang mencoba membayar tagihan tersebut.

Rupanya, setelah dicek, pengaturan data seluler di smartphone suaminya telah berubah ke operator lain.

"Suami saya gaptek maksimal, bagaimana bisa mengubah pengaturan data seluler. Dia selalu mengandalkan SMS untuk mengetahui tagihan teleponnya. Saya pikir pembengkakan karena penggunaan data seluler dan selama itu tidak ada satupun pemberitahuan melalui SMS atas pembelian apapun di Google Play," ujar dia dalam tulisan.

Setelah mengecek, rupanya email tidak sinkron otomatis. "Dan brudul-lah notifikasi di mana ada belasan tanda terima pembelian diamond di tiga gim online di atas," ujarnya.

Rupanya, si anak pernah menanyakan password email yang terhubung dengan perangkat sang ayah, namun karena Ririn tidak ingat, anaknya mengubah password email dan login ke Google Play serta menyertakan nomor HP sebagai tagihan pembayarannya.

Ririn pun mengakui dirinya memang teledor dan karena merasa aman, dia tidak memasukkan semua email perangkat ke smartphone-nya. Dengan begitu, dia merasa telah melewatkan notifikasi penting.

Batalkan Pesanan Lewat Google Play

Diunduh lebih dari sepuluh juta akun di Google Play dan Apple App Store, Mobile Legend menjadi gim terpopuler saat ini (Sumber foto: gadgetren)

Dalam unggahan keduanya, Ririn kemudian mendapatkan saran dari salah satu kawannya untuk membatalkan pesanan lewat history transaksi di Google Play Store.

Karena sudah meminta bantuan lewat layanan pelanggan dengan membatalkan pesanan, di unggahan keempatnya, Ririn menyebut telah mendapatkan konfirmasi tentang cancel transaksi dengan nilai Rp 355 ribu, termasuk pajak.

Dia menyebut, masih ada 4 transaksi lagi yang belum masuk pembatalan ke pihak operator. Sisa tagihannya yang masih ada Rp 6,3 juta untuk bulan Maret ini.

Kepada Tekno Liputan6.com, Ririn menyebut, dirinya masih mencoba menghubungi ketiga pengembang gim lewat email. Sayangnya, email yang dikirim untuk Garena tidak terkirim.

Anak-anak Ririn pun mendapatkan hukuman dari orangtuanya. "Sementara semua kena hukuman, tidak boleh pegang smartphone, syukur tidak protes dibatasi. Malahan nurut," ujarnya.

(Tin/Ysl)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Steve Emmanuel Alami Gangguan Mental di Tahanan

Posted: 08 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi kesehatan Steve Emmanuel selama menjalani hukuman di tahanan terus menurun. Bahkan, artis yang didakwa sebagai pengedar narkoba tersebut dikabarkan mengalami gangguan mental.

Hal tersebut dipaparkan Richard, kuasa hukum Steve Emmanuel. Ia mengatakan, kondisi Steve Emmanuel setelah empat bulan berada di tahanan memprihatinkan.

"Dia menderita gangguan mental dan perilaku," papar Richard dalam keterangan pers di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

"Steve baru pakai kokain, terus dia ditodong dan pasti alami depresi," Richard melanjutkan.

 

 

 

 

Dapat Tekanan

Steve Emmanuel (Foto: Istihanah Soejoethi)

Richard menceritakan, depresi yang dirasakan Steve Emmanuel karena mengalami banyak tekanan selama berada di dalam tahanan.

Ditambah lagi, mantan kekasih Andi Soraya itu dibuat gusar karena sempat mendengar pernyataan dari pihak kepolisian soal ancaman hukuman mati yang akan diterimanya atas kasus ini.

 

Ketakutan

Steve Emmanuel (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Steve ditekan habis-habisan, BAP dibuat dalam kondisi penuh tekanan. Dia juga ketakutan dan diancam kena hukuman mati," ucap Richard.

Melihat kondisi Steve Emmanuel yang memprihatinkan, Kerenina Sunny, adik kandung Steve Emmanuel, berharap kakaknya bisa direhabilitasi.

"Menurut saya untuk pengguna itu direhabilitasi, sedangkan itu (penjara) bukan tempat yang sesuai untuk dia," ucapnya. (Dream.co.id/ Nur Ulfa)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh Penemuan Mayat dalam Karung di Banten

Posted: 08 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga dihebohkan dengan penemuan mayat dalam karung di Pandeglang, Banten.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Data Ekonomi Positif Bikin Rupiah Terus Menguat terhadap Dolar AS

Posted: 08 Apr 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) cenderung menguat pada Selasa pekan ini. Hal ini didukung sentimen internal dan eksternal.

Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (9/4/2019), rupiah menguat 0,12 persen ke posisi 14.149 per dolar AS.

Pada pembukaan perdagangan, rupiah menguat 12 poin ke posisi 14.155 per dolar AS dari penutupan perdagangan kemarin 14.167 per dolar AS. Pada perdagangan Selasa pagi ini, rupiah bergerak di kisaran 14.146-14.155 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah tipis lima poin ke posisi 14.150 per dolar AS pada 9 April 2019 dari periode 8 April 2019 di posisi 14.145 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, rupiah menguat terhadap dolar AS didorong dolar AS melemah. Hal ini karena data ekonomi AS yang melambat ditunjukkan dari data factory order atau permintaan baru atas barang-barang pabrik buatan AS yang dirilis negatif pada Februari.

Tercatat data factory orders turun ke level -0,5 persen pada Februari 2019. Josua menilai, hal itu mengindikasikan perlambatan ekonomi AS.

"Selain itu, mata uang euro menguat ini didorong dari apresiasi data ekonomi Jerman, ada ekspektasi menguat sehingga buat euro menguat dan dolar AS tertekan," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com.

Josua menuturkan, ada harapan terhadap negosiasi perdagangan Amerika Serikat dan China juga menopang nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

 

Data Internal Topang Rupiah

Nasabah mengantre menukarkan mata uang USD di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (5/9). Sebelumnya pada Selasa (4/9), Rupiah sempat mencapai level Rp 14.935 per dollar Amerika atau terlemah sejak 1998. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Ia menambahkan, data ekonomi internal juga menopang penguatan rupiah terhadap dolar AS.  Salah satunya dari cadangan devisa naik menjadi USD 124,5 miliar pada akhir Maret 2019. Selain itu, penjualan eceran Februari tumbuh 9,1 persen juga menopang pergerakan rupiah.

"Data ekonomi positif juga mendorong penguatan rupiah. Sentimen regional juga juga dukung penguatan sebagian besar mata uang Asia termasuk rupiah sehingga rupiah alami penguatan rupiah terbesar kedua di Asia," kata dia.

Josua perkirakan, rupiah bergerak di kisaran 14.100-14.200 per dolar AS pada perdagangan Selasa pekan ini.

 

Perdagangan Kemarin

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap doalr Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan hari ini. Penguatan ini karena data ekonomi AS yang melemah. 

Mengutip Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), Senin 8 April 2019, rupiah dipatok di angka 14.145 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan Jumat lalu yang ada di angka 14.158 per dolar AS.

Berbeda, berdasarkan Bloomberg, rupiah dibuka di angka 14.150 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.133 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini rupiah bergerak di kisaran 14.147 per dolar AS hingga 14.155 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,65 persen.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, rupiah berpeluang menguat pasca rilis tingkat pengangguran di AS yang tercatat stagnan.

"Data ketenagakerjaan menjadi indikator penting The Fed dalam kebijakan suku bunganya. Kemungkinan The Fed masih belum akan mengubah kebijakan suku bunganya saat ini yang masih bertahan pada 2,25 -2,5 persen," ujar Lana dikutip dari Antara.

Tingkat pengangguran di AS untuk Maret 2019 tercatat 3,8 persen, tetap sebagaimana Februari 2019. Padahal sebelumnya pada minggu yang berakhir pada 30 Maret 2019, jumlah tingkat klaim pengangguran (jobless claims) tercatat terendah sejak minggu yang berakhir pada 6 Desember 1969.

Selama Maret 2019 tersebut, data tenaga kerja non-pertanian (non-farm payroll) AS bertambah sebanyak 196.000, naik tajam dari bulan sebelumnya yang hanya bertambah 33.000. Data ketenagakerjaan AS kembali menguat setelah pada Februari lalu sempat melambat.

Lana memperkirakan pada hari ini rupiah akan bergerak menguat di kisaran 14.100 per dolar AS hingga 14.130 per dolar AS.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Empat WNI Tewas dalam Kecelakaan Bus Malaysia

Posted: 08 Apr 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Empat warga negara Indonesia dinyatakan tewas dalam sebuah kecelakaan bus di Malaysia. Keluarga korban berharap jenazah bisa segara dibawa pulang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pemilu Harus Gembira, Jangan Marah-Marah

Posted: 08 Apr 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 01 Jokowi mengatakan pemilihan umum adalah pesta demokrasi. Maka itu sebagai pesta harus diisi dengan gembira bukannya marah-marah.

Hal itu disampaikan kampanye terbuka di Stadion Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat, Senin (9/4/2019). Jokowi mengajak pendukungnya yang setuju tunjuk satu jari.

"Kita harus gembira karena pesta demokrasi adalah pesta kegembiraan. Siapa setuju tunjuk jari, siapa pesta demokrasi adalah kegembaraan tunjuk jari," ujarnya.

Jokowi menuturkan dalam pesta demokrasi juga tidak diisi dengan cara-cara menakut-nakuti dan tidak menggunakan narasi pesimistis. Serta tidak marah-marah di saat kampanye.

"Jadi pesta demokrasi adalah kegembiraan jangan sampai malah ada yang menakut-nakuti, jangan sampai ada yang pesimis, jangan sampai ada yang suka marah-marah," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Adapun pernyataan tersebut seperti menyindir pesaingnya Capres 02 Prabowo Subianto. Prabowo kerap dinilai oleh kubu Jokowi menyampaikan narasi pesimis.

Terkahir, di panggung kampanye di Yogyakarta, Prabowo terlihat emosi dan marah-marah. Bahkan, mantan danjen kopassus itu menggebrak meja mimbar.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Tetapkan Korps Garda Revolusi sebagai Organisasi Teroris, Iran Membalas

Posted: 08 Apr 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menetapkan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) sebagai organisasi teroris asing pada Senin 8 April 2019 waktu lokal.

Ini adalah pertama kalinya AS menetapkan organisasi militer sebuah negara sebagai organisasi teroris.

Trump pada hari Senin mengatakan: "Langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, dipimpin oleh Kementerian Luar Negeri, mengakui kenyataan bahwa Iran bukan hanya Sponsor Negara untuk Terorisme, tetapi bahwa IRGC secara aktif berpartisipasi, membiayai, dan mempromosikan terorisme sebagai alat kenegaraan," demikian seperti dikutip dari BBC, Selasa (9/4/2019).

Presiden menambahkan bahwa langkah itu dimaksudkan untuk "secara signifikan memperluas ruang lingkup dan skala" tekanan terhadap Iran.

"Jika Anda melakukan bisnis dengan IRGC, Anda akan membiayai terorisme," kata Trump.

Kebijakan dan sanksi yang terkait akan efektif berlaku dalam waktu satu pekan usai penetapan, atau pada tanggal 15 April 2019, menurut Kementerian Luar Negeri.

AS kemungkinan akan menetapkan sanksi ekonomi dan bepergian kepada IRGC, serta setiap kelompok atau individu yang melakukan bisnis dengan IRGC dapat menghadapi penuntutan pidana karena memberikan dukungan material kepada organisasi teroris, CNN melaporkan.

Ketegangan Washington-Teheran telah meningkat sejak Trump menarik AS dari pakta nuklir internasional Iran. Langkah itu kemudian memicu Amerika meningkatkan penjatuhan sanksinya terhadap individu atau organisasi yang berkaitan dengan Negeri Para Mullah.

Melabel IRGC sebagai organisasi teroris juga dianggap akan memungkinkan AS untuk menjatuhkan sanksi lebih lanjut - khususnya yang mempengaruhi sektor bisnis, mengingat keterlibatan IRGC dalam perekonomian Iran.

Sejumlah IRGC dan entitas terafiliasi telah menjadi sasaran sanksi AS atas dugaan kegiatan proliferasi (pengembangan dan penyebaran) senjata nuklir, dukungan untuk terorisme, dan pelanggaran hak asasi manusia.

Iran Membalas

Komandan pasukan khusus Korps Garda Revolusi Iran. (AP)

Iran membalas dengan menyatakan pasukan AS di Timur Tengah sebagai organisasi teroris, menurut laporan dari kantor berita negara.

Dewan keamanan nasional Iran menyatakan Komando Pusat AS (USCENTCOM) sebagai organisasi teroris setelah Menteri Luar Negeri Javad Zarif menulis surat kepada Presiden Hassan Rouhani untuk mendesak tanggapan semacam itu, kata saluran berita negara IRINN.

"Republik Islam Iran menyatakan dirinya sebagai balasan terhadap tindakan Amerika Serikat yang melanggar hukum dan tidak masuk akal, mengingat Amerika Serikat sebagai pemerintah yang mensponsori teroris dan Komando Pusat Amerika Serikat, CENTCOM, dan semua pasukan afiliasinya sebagai kelompok teroris," kata Dewan keamanan nasional Iran.

USCENTCOM adalah sayap Kementerian Pertahanan AS yang mengawasi operasi militer dan kepentingan keamanan Washington di seluruh area 'tengah' peta dunia, terutama Timur Tengah, Asia Tengah, dan Horn of Africa.

Iran telah memperingatkan akan membalas dalam bentuk yang sama minggu lalu, setelah laporan rencana administrasi Trump pertama kali muncul.

"Kami akan menjawab tindakan apa pun yang dilakukan terhadap pasukan ini dengan tindakan timbal balik," sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh 255 dari 290 anggota parlemen Iran mengatakan, menurut kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah.

Israel Gembira

Presiden AS Donald Trump dan PM Israel Benjamin Netanyahu di Oval Office, Gedung Putih, pada tanggal 5 Maret 2018 di Washington DC. (Mandel Ngan / AFP)

Langkah itu disambut hangat oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, yang mengucapkan terima kasih kepada Trump dalam tweet dan tampaknya mengambil beberapa pujian atas langkah tersebut, yang terjadi sehari sebelum Pemilu Israel.

"Terima kasih, sahabatku, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, atas keputusan Anda untuk mendeklarasikan Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teror," tulis Netanyahu.

"Terima kasih telah menanggapi permintaan penting saya yang lain, yang melayani kepentingan kita dan kepentingan negara-negara kawasan."

Penunjukan IRGC mengikuti pengumuman Trump pada 21 Maret 2019 bahwa AS akan mengakui kontrol Israel atas Dataran Tinggi Golan, sebuah langkah yang melawan resolusi PBB terhadap tanah yang disita secara paksa.

Seperti keputusan Presiden untuk memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem dan mengakui kota itu sebagai ibukota Israel, keputusan Golan membalikkan kebijakan AS selama beberapa dekade dan melawan norma-norma internasional.

Sekilas IRGC

Pasukan khusus Korps Garda Revolusi Iran (IRGC)  (Wikimedia / Creative Commons)

Organisasi keamanan paling kuat di Iran, IRGC didirikan untuk melindungi sistem pemerintahan ulama Syiah negara itu dan untuk memberikan penyeimbang bagi angkatan bersenjata reguler setelah Revolusi Islam 1979, yang menggulingkan raja sekuler sekutu Barat Shah Mohammad Reza Pahlavi dan menyebabkan pembentukan Republik Islam.

Sejak itu, IRGC menjadi kekuatan militer, politik dan ekonomi utama di Iran, memiliki hubungan dekat dengan Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei dan banyak tokoh senior lainnya yang berasal dari jajarannya, serta bertanggungjawab atas rudal balistik dan program nuklir Iran.

Kini, IRGC diperkirakan memiliki 125.000 - 150.000 personel, yang terdiri dari unit tentara, angkatan laut, dan udara. Jumlah itu dikabarkan belum termasuk sejumlah milisi dan unit paramiliter yang menjadi proksi-nya di luar Iran.

IRGC memberikan pengaruh di tempat lain di Timur Tengah dengan memberikan uang, senjata, teknologi, pelatihan dan saran kepada pemerintah sekutu dan kelompok bersenjata melalui lengan operasi luar negeri, Pasukan Quds (Yerusalem).

Setelah perang Iran-Irak tahun 1980-an, IRGC juga menjadi sangat terlibat dalam rekonstruksi dan telah memperluas kepentingan ekonominya dengan memasukkan jaringan bisnis yang luas, mulai dari proyek minyak dan gas hingga konstruksi dan telekomunikasi.

Sebelum AS, Arab Saudi dan Bahrain telah menetapkan IRGC sebagai organisasi teroris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Manfaat Susu yang Jarang Diketahui, Tak Hanya untuk Kesehatan Tulang

Posted: 08 Apr 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Susu telah dinikmati di seluruh dunia selama ribuan tahun. Susu dikenal mengandung nutrisi yang luar biasa. Manfaat susu juga cukup beragam bagi kesehatan. Misalnya, dapat mencegah osteoporosis.

Jenis susu yang paling umum dikonsumsi berasal dari sapi, domba, dan kambing. Di seluruh dunia, ada lebih dari 6 miliar orang yang secara teratur mengonsumsi beberapa jenis makanan olahan susu. Nutrisi yang diperoleh dari susu sangat penting bagi tubuh manusia dan membantu mencegah sejumlah penyakit kronis.

Manfaat susu bagi kesehatan dapat diperoleh dari meminumnya secara langsung atau dengan mengonsumsi produk susu seperti keju, mentega, ghee, es krim, keju, yogurt, susu rasa atau permen susu.

Susu memang telah lama dipandang sebagai minuman sehat, karena mengandung banyak nutrisi. Simak manfaat susu yang berhasil Liputan6.com, Selasa (9/4/2019) rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat susu untuk kesehatan tulang

Sebuah studi menemukan,  konsumsi susu ternyata membantu pemulihan otot pada penderita osteoarthritis

Minum susu telah lama dikaitkan dengan kesehatan tulang. Hal ini bukan tanpa alasan, susu memiliki kombinasi nutrisi yang kuat, termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein dan vitamin K2. Semua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat.

Sekitar 99% kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Susu adalah sumber nutrisi yang sangat baik yang diandalkan tubuh untuk menyerap kalsium dengan baik, termasuk vitamin D, vitamin K, fosfor, dan magnesium.

Menambahkan susu atau produk olahan susu ke dalam makanan dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis. Penelitian telah mengaitkan susu dengan risiko osteoporosis dan patah tulang yang lebih rendah, terutama pada orang dewasa yang lebih tua.

Terlebih lagi, susu adalah sumber protein yang baik, nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Faktanya, protein membentuk sekitar 50% volume tulang dan sekitar sepertiga massa tulang.

Bukti menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak protein dapat mencegah keropos tulang, terutama pada wanita yang tidak mengonsumsi cukup kalsium pada makanannya.

Manfaat susu untuk kesehatan jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung

Susu sapi adalah sumber kalium, yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Mark Houston Direktur Institut Hipertensi di Rumah Sakit St. Thomas, Tennessee, meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah dari penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 mg per hari.

Makanan kaya kalium termasuk susu sapi, jeruk, tomat, kacang, bayam, pisang, prem, dan yogurt. Namun, peningkatan signifikan dalam asupan kalium dapat memiliki risiko, termasuk masalah jantung, sehingga setiap perubahan dalam diet atau penggunaan suplemen harus didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter.

Manfaat susu untuk kanker

Cegah Kanker dengan CERDIK dan WASPADA

Vitamin D mungkin berperan dalam regulasi pertumbuhan sel dan perlindungan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ada risiko kematian akibat kanker kolorektal yang lebih tinggi di lokasi geografis yang menerima sinar matahari paling sedikit. Susu juga mengandung vitamin D yang dapat memberikan perlindungan serupa.

National Cancer Institute (NCI) menyatakan bahwa "Hasil penelitian secara keseluruhan mendukung hubungan antara asupan kalsium yang lebih tinggi dan pengurangan risiko kanker kolorektal." Namun, mereka mencatat bagaimanapun, bahwa hasil penelitian tidak selalu konsisten.

NCI juga menunjukkan beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan asupan kalsium dan laktosa dari produk susu dapat membantu mencegah kanker ovarium.

Manfaat susu dalam pembentukan otot

Susu Tinggi Protein Efektif Bikin Tubuh Berotot?

Susu sapi dirancang untuk membantu bayi sapi tumbuh cepat, sehingga masuk akal bahwa manusia yang minum susu sapi juga dapat bertambah besar dengan cepat. Susu sapi adalah sumber kaya protein berkualitas tinggi, yang mengandung semua asam amino esensial. Susu murni juga merupakan sumber energi yang kaya dalam bentuk lemak jenuh, yang dapat mencegah massa otot digunakan untuk energi.

Mempertahankan jumlah otot yang sehat adalah penting untuk mendukung metabolisme dan berkontribusi pada penurunan berat badan dan pemeliharaan berat badan. Protein yang cukup diperlukan untuk mempertahankan atau meningkatkan massa otot. Protein susu dapat mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot.

Menurut Today's Dietitian, analisis lebih dari 20 uji klinis menunjukkan bahwa peningkatan asupan susu dapat meningkatkan massa otot dan kekuatan selama latihan resistensi pada orang dewasa yang lebih muda dan lebih tua.

Susu rendah lemak juga dapat memberikan manfaat susu sembari memasok lebih sedikit lemak untuk tubuh.

Manfaat susu untuk depresi dan osteoartritis

Susu dan depresi

Susu sapi dan olahan lainnya lain sering diperkaya dengan vitamin D. Kadar vitamin D pada susu dapat mendukung produksi serotonin, hormon yang berhubungan dengan suasana hati, nafsu makan, dan tidur. Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan depresi, kelelahan kronis, dan PMS.

Susu dan osteoartritis

Osteoartritis pada lutut saat ini tidak ada obatnya, tetapi para peneliti mengatakan minum susu setiap hari telah dikaitkan dengan penurunan perkembangan penyakit tersebut. Penelitian mereka dipublikasikan di American College of Rheumatology Journal, Arthritis Care & Research.

Manfaat susu untuk penurunan berat badan

Ilustrasi berat badan. (iStock)

Beberapa penelitian mengaitkan asupan susu dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Menariknya, manfaat ini hanya dikaitkan dengan susu murni. Sebuah studi pada 145 anak-anak Latin berusia tiga tahun menemukan bahwa konsumsi susu berlemak dikaitkan dengan rendahnya risiko obesitas anak-anak.

Studi lain yang melibatkan lebih dari 18.000 wanita paruh baya dan lanjut usia menunjukkan bahwa makan lebih banyak produk susu tinggi lemak dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit dan risiko obesitas yang lebih rendah.

Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan. Misalnya, kandungan proteinnya yang tinggi membantu Anda merasa kenyang untuk periode waktu yang lebih lama, yang dapat mencegah makan berlebihan.

Selain itu, asam linoleat terkonjugasi dalam susu telah dipelajari karena kemampuannya untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Banyak penelitian telah mengaitkan diet yang kaya kalsium dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Bukti menunjukkan bahwa orang dengan asupan kalsium makanan yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar kalsium tinggi pada makanan ymemicu pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbandingan Antarlini Persebaya Vs Arema di Final Piala Presiden 2019

Posted: 08 Apr 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar telah mencapai puncak dan menyisakan Persebaya Surabaya dengan Arema sebagai finalis yang akan bertarung memperebutkan gelar juara. Keberhasilan kedua tim melaju ke final tak terlepas dari materi pemain yang berkualitas di semua lini.

Persebaya dan Arema memang terbukti layak melaju ke final Piala Presiden 2019. Kedua tim masing-masing memiliki keunggulan di semua lini yang membuat mereka mampu melaju hingga partai puncak.

Dalam enam laga yang sudah dimainkan, Persebaya menjadi satu-satunya tim yang tak terkalahkan sampai berakhirnya babak semifinal. Pasukan Djadjang Nurdjaman itu mencatatkan lima kemenangan dan satu kali hasil imbang. Persebaya mencetak 13 gol dan kebobolan tujuh kali.

Sementara itu, Arema juga membuktikan kualitasnya di Piala Presiden 2019. Tim Singo Edan menjadi tim yang paling subur dengan torehan 19 gol dan hanya kebobolan empat kali. Hebatnya, Arema mencetak cleansheet dalam tiga laga terakhir di fase knockout.

Final Piala Presiden 2019 akan menggunakan format baru, yakni dua pertandingan. Final pertama akan digelar di markas Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (9/4/2019), dan final kedua berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, markas Arema (12/4/2019).

Lantas, bagaimana sebenarnya duel kekuatan Persebaya Surabaya dan Arema? Berikut ini duel antarlini yang diprediksi terjadi di final Piala Presiden 2019 versi Bola.com:

Miswar Saputra Vs Kurniawan Kartika Ajie

Kiper Persebaya, Miswar Saputra. (Bola.com/Aditya Wany)

Adu kehebatan di bawah mistar gawang antara Miswar Saputra (Persebaya Surabaya) dengan Kurniawan Kartika Ajie (Arema) akan menjadi tontonan menarik di final Piala Presiden 2019. Kedua kiper tersebut terbukti mampu memberikan penampilan terbaik untuk masing-masing tim.

Miswar Saputra telah mencatatkan empat penampilan di Piala Presiden 2019. Miswar hanya sekali mencatatkan cleansheet dan sudah kebobolan lima gol.

Sementara itu, Kartika Ajie sejauh ini punya catatan mengesankan bersama Arema FC di Piala Presiden 2019.

Kiper yang baru melepas status lajangnya pada Minggu (7/4/2019) itu baru kebobolan dalam empat laga terakhir. Hal ini menegaskan kualitas sesungguhnya dari Kartika Ajie.

Kartika Ajie ketika Arema melawan Persita dalam laga Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (13/3/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

 

Otavio Dutra Vs Hamka Hamzah

Kapten Arema, Hamka Hamzah, memuji fans Persib. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Kunci Persebaya dan Arema melaju ke final Piala Presiden 2019 tak terlepas dari lini pertahanan yang kukuh. Ada dua sosok yang punya peran penting di masing-masing tim, yakni Hamka Hamzah (Arema) dan Otavio Dutra (Persebaya Surabaya).

Hamka Hamzah tampil dalam lima pertandingan Arema di Piala Presiden 2019. Hamka absen ketika Arema kalah 0-1 dari Persela Lamongan di laga kedua fase grup.

Namun, penampilan Singo Edan pun meningkat setelah menelan kekalahan 0-1 dari Persela Lamongan. Setelah itu, Hamka kembali bermain dan Singo Edan hanya kebobolan satu gol serta mencatatkan tiga kali cleansheet sampai melaju ke final.

Sementara itu, Otavio Dutra bermain empat kali di Piala Presiden 2019. Dutra berhasil membuat lini pertahanan Persebaya sulit ditembus dan sudah dibuktikan yang selalu terhindar dari kekalahan.

Striker Perseru Serui, Turkovic Nedo, berebut bola dengan bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persebaya menang 3-2 atas Perseru. (Bola.com/Yoppy Renato)

 

Damian Lizio Vs Makan Konate

Damian Lizio menjalani laga debut di Persebaya dalam laga kontra Persidago di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (23/2/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya Surabaya dan Arema dikenal memiliki gelandang kreatif pengatur serangan. Di Persebaya ada sosok Damian Lizio. Pemain asal Bolivia itu menjadi motor serangan Bajul Ijo.

Lizio kerap menjadi keran serangan Persebaya di Piala Presiden 2019. Tak jarang, Lizio juga kerap memanjakan pemain Persebaya dengan umpan-umpan akuran baik dari situasi bola mati maupun permainan terbuka.

Tak hanya di Persebaya, Arema juga punya gelandang kreatif, yakni Makan Konate. Tak hanya sebagai pemberi umpan dan keran pengatur serangan, Makan Konate juga bisa diandalkan dalam mencetak gol.

Sejauh ini, pemain asal Mali sudah mencetak tiga gol. Catatan itu membuat Makan Konate masih bisa bersaing untuk meraih sepatu emas Piala Presiden 2019.

Gelandang Arema FC, Makan Konate, merayakan gol ke gawang Bhayangkara FC pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (30/3). Bhayangkara kalah 0-4 dari Arema. (Bola.com/Yoppy Renato)

Manuchekhr Jalilov Vs Dedik Setiawan

Striker Arema, Dedik Setiawan, mencetak gol kemenangan Arema atas Barito Putera di laga perdana Grup E Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin (4/3/2019). (Bola.com/Iwan Setiawan)

Persebaya dan Arema memang layak masuk final Piala Presiden 2019. Kedua tim tersebut memiliki penyerang-penyerang tajam yang kerap memberikan tekanan ke lini pertahanan lawan.

Persebaya memiliki pemain sekaliber Manuchekhr Jalilov yang sejauh ini sudah mencetak lima gol. Pemain asal Tajikistan itu bahkan memimpin perburuan gelar pencetak gol terbanyak Piala Presiden 2019.

Meski begitu, Arema FC juga memiliki sosok penyerang tajam bernama Dedik Setiawan. Pemain berusia 24 tahun itu sudah mencetak empat gol, alias terpaut satu gol dari Jalilov.

Dengan demikian, bisa dipastikan perburuan gelar pencetak gol terbanyak Piala Presiden 2019 akan berlangsung sampai akhir. Laga final dengan format dua pertandingan jadi panggung pembuktian Jalilov dan Dedik.

Striker Persebaya Surabaya, Manuchehr Jalilov, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3). Persebaya menang 3-2 atas Perseru. (Bola.com/Yoppy Renato)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komposer Musik Via Vallen Ciptakan Lagu untuk Sarah Brilian

Posted: 08 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sarah Brillian merupakan penyanyi dangdut Tanah Air asal Ponorogo. Sarah Brillian mengawali karirnya sebagai penyanyi melalui Orkes Melayu (OM) SERA.

Kepiawaiannya dalam bernyanyi, membuat Sarah Brillian dilirik Trinity Optima Production. Melalui sub-labelnya 3D Entertainment yang menaungi musik bergenre dangdut, langsung tertarik untuk memproduseri penyanyi daerah ini.

Wanita yang kini tengah menyelesaikan program Pasca Sarjana di Institut Seni Indonesia Surakarta ini memulai karir dengan lagu solonya yang berjudul "Sayang 2".

Kini Sarah Brillian kembali meramaikan dunia musik dangdut dengan lagu berjudul "Ending Sayang" yang diciptakan Anton Obama, pencipta lagu "Sayang 2" dan "Sayang" yang dipopulerkan Via Vallen.

Menjadi Penutup Lagu "Sayang"

Lagu "Ending Sayang" milik Sarah Brillian ini menceritakan tentang sebuah perpisahan sepasang kekasih, diceritakan salah satu dari mereka berusaha menguatkan mengikhlaskan hubungan mereka.

Bahkan, disampaikan oleh tim A&R 3D Entertainment, "Ending Sayang" menjadi penutup lagu "Sayang" karya Anton Obama. Lagu yang memiliki lirik bahasa Jawa – Indonesia mengisyaratkan kesedihan yang mendalam, seirama dengan balutan musiknya.

Sarah Brillian berharap lagu "Ending Sayang" ini dapat dinikmati oleh para pecinta musik dangdut. Lagu "Ending Sayang" sudah bisa didengarkan di semua digital platform pada 5 April 2019 yang lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknik Menggambar Wajah Member BLACKPINK Ini Hasilnya Bikin Geleng Kepala

Posted: 08 Apr 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menggambar tentu tidak hanya sebuah coret-coretan yang nanti tiba-tiba membentuk pola. Untuk menggambar, tentu dibutuhkan sebuah teknik.

Teknik menggambar ini digunakan agar gambar yang dihasilkan bisa baik dan proposional. Namun adapula gambar-gambar yang abstrak dan mungkin apabila kamu bukan orang paham akan seni, akan sulit memahami gambar atau lukisan jenis abstrak.

Namun yang pasti dalam menggambar wajah seseorang, pasti gambarnya haruslah mirip atau paling tidak menonjolkan sisi istimewa dari karakter sehingga dapat dikenali, apalagi menggambar sosok orang tekenal.

Baru-baru ini ada sebuah unggahan di media sosial Twitter dari @khunbaeju yang membagikan teknik menggambar tingkat tinggi untuk menggambar sosok dari member BLACKPINK, namun hasilnya sangat mengejutkan, bikin geleng-geleng kepala.

Berikut gambarnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019).

Jennie

Teknik menggambar Jennie (Sumber: Twitter-@khunbaeju)

Lisa

Teknik menggambar Lisa (Sumber: Twitter-@khunbaeju)

Rose

Teknik menggambar Rose (Sumber: Twitter-@khunbaeju)

Jisoo

Teknik menggambar Jisoo (Sumber: Twitter-@khunbaeju)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Liverpool Bertekad Bungkam Porto di Anfield

Posted: 08 Apr 2019 09:15 PM PDT

Suasana saat para pemain Liverpool berlatih jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Reuters/Carl Recine)

Suasana saat para pemain Liverpool berlatih jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Reuters/Carl Recine)

Striker Liverpool Sadio Mane (kiri) bersama Divock Origi, Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson berlatih jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield.(Paul ELLIS/AFP)

Striker Liverpool Sadio Mane (kiri) bersama Divock Origi, Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson berlatih jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield.(Paul ELLIS/AFP)

Striker Liverpool Sadio Mane (kiri) bersama Jordan Henderson (tengah) dan Xherdan Shaqiri saat berlatih jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Paul ELLIS/AFP)

Striker Liverpool Sadio Mane (kiri) bersama Jordan Henderson (tengah) dan Xherdan Shaqiri saat berlatih jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Paul ELLIS/AFP)

Manajer Liverpool Jurgen Klopp (tengah) tersenyum ketika mengikuti sesi latihan tim jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Paul ELLIS/AFP)

Manajer Liverpool Jurgen Klopp (tengah) tersenyum ketika mengikuti sesi latihan tim jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Paul ELLIS/AFP)

Pemain Liverpool Virgil van Dijk (tengah) berlatih bersama rekan satu timnya jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Reuters/Carl Recine)

Pemain Liverpool Virgil van Dijk (tengah) berlatih bersama rekan satu timnya jelang menghadapi FC Porto pada leg pertama perempat final Liga Champions di Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (8/4). The Reds bertekad membungkam Porto di Stadion Anfield. (Reuters/Carl Recine)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main di Stadion Baru, Tottenham Yakin Jungkalkan City

Posted: 08 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Heung Min Son yakin Tottenham Hotspur akan tampil beda saat menjamu Manchester City di leg pertama perempat final Liga Champions dinihari WIB nanti. Striker timnas Korea Selatan itu percaya bermain di stadion baru akan menambah semangat pemain Spurs.

Sebelumnya, pemain City, Kevin de Bruyne memanaskan situasi jelang duel ini. Ia menyebut City akan tetap menang meski Tottenham bermain di stadion baru.

Ya, musim ini City memang telah meraih kemenangan 1-0 saat tandang ke Tottenham, Namun saat itu Spurs masih mengungsi ke Stadion Wembley.

"Tentu saja atmosfer di stadion baru akan membantu kami. Mungkin pemain City tak sadar karena mereka selalu bermain di kandang," kata Son seperti dilansir Evening Standard.

"Kami sudah dua tahun tak bermain di kandang sendiri. Jadi kami akan membuktikan kalau permainan kami berbeda ketimbang di Wembley," katanya menambahkan.

 

 

Energi Positif

Aksi Son Heung Min melewati dua pemain Chelsea pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Stamford Bridge, London, Kamis (28/2). Chelsea menang 2-0 atas Tottenham Hotspur. (AFP/Adrian Dennis)

Tottenham meraih kemenangan perdananya di stadion yang baru pekan lalu. Saat itu mereka mengalahkan Crystal Palace dengan skor 2-0.

"Sangat penting membawa energi positif menghadapi laga lawan City. Kami akan menikmatinya dan berjuang hingga akhir laga," kata Son.

"Kami bermain di stadion yang luar biasa dan punya pemain hebat. Jadi saya yakin bisa meraih hasil positif," kata Son.

Jadwal

Gelandang Chelsea, Jorginho berebut bola dengan pemain Tottenham Hotspur, Heung Min Son dalam lanjutan ajang Liga Inggris di Stamford Bridge, Rabu (26/2). Tampil sebagai tuan rumah, Chelsea mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. (AP/Tim Ireland)

Rabu (10/4/2019):

02.00 WIB Liverpool Vs FC Porto

02.00 WIB Tottenham Hotspur Vs Manchester City

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 500 Pekerja Seni Gelar Konser Dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf

Posted: 08 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 500 artis, musisi, budayawan dan seniman akan menggelar dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf bertajuk Konser Putih Bersatu 'Menuju Kemenangan Indonesia Maju'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Kalah pada 2014, Jokowi Optimis Raih 60 Persen di Karawang

Posted: 08 Apr 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menghadiri kampanye terbuka di Stadion Singaperbangsa, Karawang, Jawa Barat. Dia mengingatkan pendukungnya, pada Pemilu 2014, suaranya di Karawang hanya 40 persen.

"Perlu saya ingatkan 2014 di Karawang, Jokowi-JK hanya dapat 40 persen. Tetapi dengan militansi dengan semangat pagi ini saya meyakini di atas 60 persen," ucap Jokowi di lokasi, Selasa (9/4/2019).

Dia pun mengajak semua pendukungnya untuk meraih angka tersebut. "Siapa yang setuju target 60 persen, tunjuk jari. Kalau semangat seperti ini, saya semangat banget. Saya meyakini insyaallah minimal 60 persen," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengatakan, jika hasilnya melebihi ekspektasi, maka justru menjadi lebih baik.

"Kalau hasilnya 65 persen enggak apa-apa, 75 persen enggak apa-apa, tapi minimal 60 persen. Tunjuk jari lagi," pungkas Jokowi.

Ribuan Topi Caping

Massa mendatangi Kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin dengan mengenakan caping.

Belasan ribu orang memadati Stadion Singaperbangsa, Karawang, Jawa Barat untuk hadir dalam kampanye akbar pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berdasarkan pantuan di lokasi, Selasa (9/4/2019), massa pendukung Jokowi-Ma'ruf sebagian besar menggunakan topi caping, khas para petani.

Jokowi pun hadir sekitar pukul 09.45 WIB bersama Ma'ruf. Belasan ribu massa tersebut menyambut riuh kehadiran pasangan yang digadang-gadang sebagai ulama dan urama itu, sembari meneriakkan yel-yel.

"Jokowi, Jokowi, Jokowi, Jokowi," seru para pendukung yang hadir di stadion tersebut.

Jokowi dan Ma'ruf pun berjalan sekitar kurang lebih 100 meter untuk menuju panggung. Keduanya kompak menggunakan pakaian serba putih.

Hal inilah yang membuat mereka menjadi sasaran para pendukungnya untuk meminta foto, atau sekadar bersalaman dengan paslon tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei BI: Penjualan Eceran Tumbuh 9,1 Persen pada Februari 2019

Posted: 08 Apr 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) merilis penjualan eceran pada Februari 2019. Penjualan eceran tumbuh meningkat pada Februari 2019.

Indeks penjualan riil (IPR) dari survei penjualan eceran Bank Indonesia tumbuh 9,1 persen (year on year/YoY), meningkat dari 7,2 persen pada Januari 2019. Peningkatan penjualan eceran terutama bersumber dari subkelompok sandang dan kelompok barang budaya dan rekreasi.

Peningkatan subkelompok sandang tumbuh sebesar 33,7 persen (YoY), angka ini meningkat dibandingkan 27,9 persen (YoY) pada Januari 2019.

Peningkatan penjualan itu juga terjadi pada kelompok barang budaya dan rekreaksi yang tumbuh sebesar 26,5 persen (YoY), meningkat dari 21,5 persen (YoY) pada bulan sebelumnya.

Secara regional, pertumbuhan IPR Februari 2019 terjadi di sebagian besar kota yang disurvei. Peningkatan penjualan paling tinggi terjadi di Surabaya (55,5 persen YoY). Kemudian Manado (32,1 persen YoY).

Pada Maret 2019, kinerja positif penjualan eceran terjadi lima wilayah cakupan survei. Surabaya dan Manado kembali mencatat pertumbuhan penjualan paling tinggi masing-masing sebesar 48,1 persen (YoY) dan 34 persen (YoY).

Penjualan eceran diperkirakan tetap tumbuh tinggi pada Maret 2019. Hal ini diindikasikan oleh IPR Maret 2019 yang tumbuh mencapai 8 persen (YoY).

Pertumbuhan itu antara lain didorong oleh peningkatan penjualan subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori.

Penjualan itu didorong oleh penjualan subkelompok sandang yang tumbuh sebesar 40,6 persen (YoY) meningkat dari 33,7 persen (YoY) pada bulan sebelumnya dan kelompok suku cadang dan aksesori tumbuh 18,9 persen (YoY), meningkat dari 14 persen (YoY) pada bulan sebelumnya.

 

Perkiraan Kuartal I

Ilustrasi Bank Indonesia

Hasil survei mengindikasi penjualan eceran kuartal I 2019 diperkirakan tumbuh 8,1 persen (YoY) meningkat dibandingkan 4,7 persen (YoY) pada kuartal IV 2018. Peningkatan penjualan eceran pada kuartal I 2019 terutama didorong oleh subkelompok sandang yang tumbuh sebesar 34,1 persen (YoY) lebih tinggi dibandingkan 27,2 persen (YoY) pada kuartal sebelumnya.

Jenis penjualan subkelompok sandang alami peningkatan tertinggi yaitu pakaian jadi dan alas kaki serta kelengkapannya. Selain itu, peningkatan penjualan juga terjadi pada kelompok barang budaya dan rekreasi yang tercatat tumbuh 20,7 persen (YoY) lebih tinggi dibandingkan 11 persen (YoY) pada kuartal sebelumnya, terutama untuk komoditas mainan anak-anak dan alat tulis.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Mei 2019) tetap terjaga. Indikasi itu tercermin dari indeks ekspektasi harga umum (IEH) tiga bulan yang akan datang sebesar 153,9 menurun dari 154,3 pada bulan sebelumnya.

Responden memperkirakan hal itu antara lain didukung oleh kondisi pasokan dan distribusi barang dan jasa yang baik. Selain itu, IEH enam bulan yang akan datang terindikasi sedikit lebih rendah yaitu sebesar 155,3 turun dari 157,9 pada bulan sebelumnya.

 

Prediksi Penjualan Eceran hingga 6 Bulan Mendatang

Ilustrasi supermarket (iStock)

Responden memperkirakan penjualan eceran pada 3 dan 6 bulan mendatang meningkat (Mei 2019 dan Agustus 2019).

Hal ini tercermin dari indeks ekspektasi penjualan tiga bulan yang akan datang sebesar 155,1 lebih tinggi dibandingkan 140,7 pada bulan sebelumnya. Perkiraan peningkatan penjualan eceran pada tiga bulan mendatang antara lain didorong faktor musiman peningkatan konsumsi pada Ramadan dan Idul Fitri.

Hasil survei mencatat, responden memperkirakan penjualan eceran pada 6 bulan mendatang (Agustus 2019). Hal ini terindikasi dari IEP 6 bulan yang naik dari 136,3 menjadi 151,3.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Aktivitas Terbaru di Pabrik Esemka

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Boyoyali - Nama Esemka kembali mencuat ke permukaan. Informasi terakhir yang didapat adalah kerja sama pihak Esemka dengan Pindad untuk mengembangkan mobil listrik. Pindad bertugas untuk menyediakan komponen motor listrik.

Dilansir Antara, pabrik mobil nasional PT Solo Manufaktur Kreasi atau Esemka di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, masih terus melakukan proses produksi.

Terlihat kendaraan sepeda motor milik karyawan terparkir di halaman sisi barat pabrik, meskipun pintu utama masuk tertutup rapat. Para petugas keamanan pabrik Esemka juga terlihat berjaga-jaga di pos pintu kedua.

Satpam yang tak mau disebutkan namanya itu, mengaku kepada Antara bahwa dirinya tak tahu soal kapan peresmian Esemka di Boyolali. Dia bahkan menyarankan melakukan peliputan saat acara peresmian nanti.

 

Selanjutnya

Sementara, salah satu warga Desa Demangan yang tinggal tak jauh dari pabrik, Yanti (45) mengatakan bahwa pabrik Esemka terus memproduksi mobil. Tapi jika Sabtu, ada kemungkinan sedang libur, sehingga tak banyak aktivitas di dalam pabrik.

Selain produksi mobil, pabrik itu tampak sedang mengembangkan diri. Terlihat dari sisi luar sedang ada pembangunan sebuah gedung di bagian belakang pabrik.

"Namun, saya tidak tahu gedung yang baru dibangun itu, untuk apa," katanya, kepada Antara.

Karyawan pabrik sudah cukup banyak, termasuk orang dari luar Jawa. Tapi belum ada kelihatan warga sekitar yang menjadi karyawan di perusahaan itu.

"Saya melihat aktivitas pabrik, pada Jumat (5/4/2019), sejumlah pekerja sedang mengecat atau membersihkan tulisan Esemka yang menempel di dinding tembok pagar dan pabrik," kata warga setempat lainnya, Kusno.

 

 

Selanjutnya

Hanya saja, Kusno tak tahu menahu apakah hanya itu adalah pekerjaan rutin untuk pemeliharaan atau untuk persiapan rencana acara peresmian pabrik.

"Kami melihat yang jelas PT Esemka ada aktivitas dalam pabrik proses produksi," tandasnya.

Sumber: Antara

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Hoaks Gus Mus Marahi Ma'ruf Amin Viral, Pelaku Minta Maaf

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Rembang - Zaenal, pria asal Batam meminta maaf kepada KH Mustofa Bisri (Gus Mus), lantaran telah mengedit video dirinya seolah-olah sedang memarahi Cawapres nomor urut 01, Ma'ruf Amin. Usut punya usut, video tersebut ternyata merupakan dua video yang dijadikan satu.  

Pelaku mengaku menyesali perbuatannya, sehingga mengakibatkan kerugian bagi pihak lain. Zaenal juga mengaku, video tersebut dibuat murni karena iseng dan tidak ada yang mengorder.

"Saya datang ke sini ingin meminta maaf kepada Mbah (Gus Mus) atas perbuatan saya mengedit video beliau, dengan ini saya menyesal dan menjadi pelajaran serta pengalaan bagi saya di kemudian hari," kata Zaenal, di kediaman Gus Mus, di kawasan Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Leteh, Rembang, Senin (8/4/2019).

Pria yang sehari-hari berjualan sembako ini juga berniat untuk meminta maaf kepada KH Ma'ruf Amin, namun belum tahu apakah akan meminta maaf secara langsung atau juga lewat media sosial.

"Saya juga mau minta maaf ke Kyai Ma'ruf, namun belum tahu bagaimana caranya," katanya.

Gus Mus sendiri saat menemui Zaenal mengatakan, dirinya sudah memaafkan bahkan sebelum Zaenal meminta maaf karena dalam hal ini Gus Mus merasa tidak dirugikan. Hanya saja Gus Mus merasa tidak enak hati dengan Kyai Ma'ruf Amin lantaran video viral tersebut, sehingga Gus Mus perlu mengklarifikasi di media sosial pribadinya.

Gus Mus juga menasihati Zaenal agar berhati-hati dalam bertindak sehingga tidak menyesal dikemudian hari.

Melihat potensi kemampuan Zaenal mengedit video, Gus Mus malah menyarankan untuk membuat video yang sifatnya menyejukkan, jika mempunyai pilihan dalam kontestasi Pilpres gunakan kemampuan editing video untuk memperkenalkan keunggulan calon namun jangan menjatuhkan lawan.

"Jika mencintai sesuatu jangan berlebih-lebihan begitupun juga membenci juga jangan berlebih-lebihan karena Allah tidak suka dengan hal yang berlebih-lebihan.," ungkap Gus Mus. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Hal Ini Menandakan Pasangan Tak Lagi Mencintaimu

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu ingin memiliki hubungan yang langgeng dengan pasangan. Sayangnya setiap hubungan tak bisa selamanya berjalan mulus. Memang terdengar menyakitkna, tapi kenyataannya perasaan seseorang bisa saja berubah.

Oleh karena itu sangat penting untuk kalian mengetahui tanda-tanda jika sang kekasih tak lagi mencintai kalian. Hal ini perlu kalian ketahui agar bisa dengan mudah memperbaiki hubungan atau justru meninggalkannya demi orang yang lebih baik.

Artikel tentang 7 hal yang menandakan bahwa pasangan tak lagi mencintai kalian menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan tanda-tanda yang harus kalian waspadai yang bisa mengindikasikan pasangan selingkuh.

Sementara artikel ketiga tentang seorang wanita yang menemukan bungkus mi instan 19 tahun lalu dengan keadaan utuh.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jangan Abai, 7 Hal Ini Menandakan Dia Tak Lagi Mencintaimu

Hubungan yang susah langgeng./Copyright shutterstock.com

Adakalanya hubungan asmara tak selamanya mulus. Perasaan seseorang bisa berubah dan seringkali, hal tersebut tak lagi bisa diperbaiki.

Amat penting mengetahui tanda-tanda dia tak lagi mencintaimu. Semakin cepat Anda mengetahuinya, semakin cepat Anda bisa memperbaiki hubungan atau bahkan membebaskan diri dan mencari orang lain yang mampu memberikan cinta yang Anda butuhkan.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Curiga Si Dia Selingkuh? Ini 7 Tanda yang Harus Kamu Waspadai

Krisis percaya diri karena perselingkuhan./Copyright shutterstock.com

Menjalani hubungan yang sempurna tentu tidak mudah, apalagi mempertahankannya. Mempertahankan hubungan tentu dibutuhkan kedua pasangan yang saling kuat, saling percaya dan saling setia.

Namun yang seringkali terjadi adalah masalah-masalah yang datang saat kedua pasangan mencoba untuk mempertahankan hubungan. Masalah yang paling sering terjadi yakni adanya orang ketiga. Mungkin kamu pernah curiga mengapa akhir-akhir ini pasanganmu tidak perhatian seperti dulu?

Selengkapnya...

3. Miris, Wanita Ini Temukan Bungkus Mi Instan 19 Tahun Lalu dalam Keadaan Utuh

Sampah Plastik (Sumber: Twitter/selfeeani)

Sampah plastik memang sangat sulit terurai meski telah bertahun-tahun terkubur di dalam tanah. Hal ini tentu menimbulkan permasalahn sendiri dalam penanganannya. Terlebih lagi semua orang tak akan terlepas dari berbagai benda berbahan plastik dalam aktivitas sehari-hari.

Ada begitu banyak benda yang menggunakan plastik sebagai bahan utamanya, di antaranya kemasan makanan, botol air mineral, alat-alat rumah tangga, mainan anak, hingga barang-barang elektronik. Sayangnya, bahan plastik yang sulit terurai nampaknya patut diwaspadai dampaknya terhadap lingkungan.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Organ Tubuh Terbalik, Rose Hidup Hingga Usia 99

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita di Oregon, Amerika Serikat memiliki organ tubuh yang tidak sesuai pada tempatnya. Perempuan yang meninggal dunia pada 2017 itu tidak tahu bahwa semasa hidup, dia mempunyai kondisi langka tersebut.

Rose Marie Bentley dipercaya sebagai orang tertua yang berhasil hidup dengan kondisi langka pada organ tubuhnya yang bernama situs inversus dengan levocardia. Kondisi ini berarti jantungnya berada di tempat yang tepat, namun hati dan organ perutnya tumbuh dengan sisi berkebalikan dari anatomi manusia normal.

Kondisi ini ditemukan oleh mahasiswa kedokteran di Oregon Health and Science University di Portland. Asisten profesor anatomi Camern Walker mengatakan bahwa murid-muridnya melihat bahwa ada keanehan pada pembuluh darah di dada Rose namun kondisi itu baru ditemukan di akhir semester.

"Butuh beberapa waktu untuk mengetahui bagaimana itu terjadi," kata Walker seperti dikutip dari EurekAlert pada Selasa (9/4/2019).

 

Membuat Kagum

Wanita pendonor tubuh ini ditemukan memiliki organ tubuh yang tumbuh terbalik dalam sebuah penelitian (iStockphoto)

Dilaporkan USA Today, penelitian dalam Singapore Medical Journal menyatakan bahwa situs inversus dengan levocardia hanya terjadi pada satu dari 22 ribu kelahiran dan biasanya memiliki prognosis yang buruk. Hanya ada dua kasus pasien yang tercatat hidup dengan keadaan tersebut sampai usia 70.

Walker memperkirakan hanya satu dari 50 juta orang dengan kondisi yang sama seperti Bentley dan bisa hidup hingga dewasa. Umumnya, susunan organ ini terkait dengan masalah jantung yang serius. Sementara untuk kasus Rose, dia memiliki kondisi jantung yang baik.

Keluarga Rose mengatakan bahwa satu-satunya kondisi kronis yang sempat dideritanya adalah radang sendi. Semasa hidup tiga organ tubuhnya sudah dibuang, namun keanehan hanya tercatat ketika dia menjalani operasi pemotongan usus buntu.

Temuan itu juga mengejutkan Warren Nielsen salah satu mahasiswa kedokteran yang terlibat dalam pembedahan itu. Dia merasa senang sekaligus kagum atas kehidupan Rose yang tetap bisa berjalan meskipun dengan kondisi langka.

"Itu membuat saya penasaran siapa sebenarnya dia. Pengalaman membuat saya mencari dan peduli terhadap pasien serta bisa menerapkan pelajaran yang saya dapat dari dirinya," kata Nielsen.

 

Sengaja Donorkan Tubuhnya

Wanita pendonor tubuh ini ditemukan memiliki organ tubuh yang tumbuh terbalik dalam sebuah penelitian Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Bentley sendiri memang diketahui telah mendonorkan tubuhnya untuk penelitian. Salah satu dari lima anaknya, Louise Allee mengatakan, ibunya akan senang dengan perhatian yang diterimanya dari dunia medis.

"Ibu saya akan berpikir ini sangat keren," kata Allee.

"Dia mungkin akan tersenyum lebar ketika tahu bahwa dia berbeda tetapi berhasil menjalaninya."

Rose yang meninggal 11 Oktober 2017 di Canby memutuskan untuk menyumbangkan tubuhnya dan sang suami ke OHSU Body Donation Program. Dia melakukannya setelah membaca sebuah puisi tentang kenangan akan orang tercinta setelah mereka meninggal. Suami Rose meninggal 13 tahun sebelum dirinya.

Temuan ini dipresentasikan oleh Walker dan rekannya Mark Hankin dalam 2019 American Association of Anatomists Annual Meeting at Experimental Biology yang berlangsung 6-9 April di Orlandi, Florida, AS.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikah Jelang Laga Final Piala Presiden 2019, Kiper Arema: Resepsinya Sebentar

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Jakarta Kiper Arema FC, Kartika Ajie, kembali berlatih bersama timnya jelang final Piala Presiden 2019 kontra Persebaya Surabaya yang akan berlangsung pada Selasa (9/4/2019). Padahal, Kartika Ajie baru melangsungkan pernikahan pada Minggu (7/4/2019).

Kartika Ajie resmi melepas lajang dan menikahi kekasihnya, Khalistya Puri. Hal itu dilakukan sebelum pertandingan final Piala Presiden 2019.

Setelah itu, Kartika Ajie kembali bergabung dengan tim Arema dan tampak berlatih pada Senin pagi (8/4/2019) di Malang. Ajie pun menjadi salah seorang kiper yang dibawa pelatih Milomir Seslija untuk laga tandang final pertama kontra Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

"Sebelumnya, saya sudah menyampaikan. Saya mungkin absen (latihan) hanya ketika acara pernikahan saja," kata Kartika Ajie seperti dikutip dari situs resmi Piala Presiden 2019.

"Acara resepsinya juga sebentar. Jadi, tidak sampai kecapekan," lanjut kiper berusia 22 tahun itu.

Pelatih kiper Arema, Yanuar "Begal" Hermansyah, memuji sikap profesional Ajie. Begal yakin Ajie akan tampil maksimal pada laga final, meski baru melangsungkan pernikahan.

 

Izin Sehari

"Ajie ini pemain profesional. Saat melangsungkan pernikahan, dia bahkan hanya meminta izin satu hari. Saya yakin dia siap untuk main di partai final," ucap Begal.

Kartika Ajie merupakan sosok penting di Arema FC pada Piala Presiden 2019. Dalam empat laga yang dimainkannya, Ajie hanya kebobolan sekali dan mencatatkan tiga kali clean sheets.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andika Kangen Band Dibayar Rp 100 Juta untuk Jadi Pacar Rekayasa

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak awal kemunculannya, Andika Kangen Band kerap mendapat sorotan. Bagaimana tidak, di balik kesederhanaan wajahnya, Andika berhasil menggaet cewek-cewek cantik.

Sebagai bukti, Andika Kangen Band tercatat telah menikah sebanyak empat kali. Ditambah lagi, beberapa cewek cantik pun pernah jatuh ke pelukannya.

Namun rupanya, hal itu tak melulu benar. Andika Kangen Band mengaku beberapa di antara cewek-cewek yang dekat dengannya itu merupakan rekasaya untuk mendompleng popularitas.

"Ada beberapa cewek yang benar-benar sama gue, ada yang modus. Gue enggak mau ungkap ini ke media, karena mereka kasih keuntungan ke gue. Jadi ini rezeki gue, jadi gue enggak mungkin bongkar," ujar Andika Kangen Band saat menjadi bintang tamu di YouTube Gofar Hilman.

Nebeng Popularitas

Andika Kangen Band (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Kata 'keuntungan' yang diucap Andika jelas menggelitik bagi Gofar. Pria yang dikenal sebagai MC dan penyiar ini mencoba mengulik lebih dalam. Dan pertama kalinya Andika mengakui bahwa beberapa wanita cantik itu hanya nebeng popularitas.

"Ada yang benar ada settingan. Yang nyetting biasanya manajer atau produsernya. Lha gue dikasih imbalan ya gue maulah. Siapa yang enggak mau uang?" ujar Andika secara gamblang.

Dibayar Rp 100 Juta

Andika Kangen Band (Nurwahyunan/bintang.com)

Tak ingin menyebut nama 'kekasih kontrak'-nya, Andika mengaku semua dilakukan sesuai kesepakatan. Tak ada kontrak hitam di atas putih untuk settingan itu. Hanya kesepakatan nominal dan berapa kali Andika harus muncul di publik bersama wanita itu.

"Nominalnya? Hmm ada yang Rp 50 sampai Rp 100 (juta). Kalau gue nyanyi kayaknya repot, ini cuma sejam saja, ya sudah jadilah gue terima. Lebih dari dua kali (pacaran settingan)," ungkap Andika. (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap Buzzer Hoaks Server KPU Menangkan Jokowi

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi menangkap dua orang, pria dan wanita, buzzer hoaks 'Server KPU Di-setting Menangkan Jokowi'. Keduanya juga telah ditetapkan sebagai tersangka penyebaran hoaks.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Bakal Rilis 4 Model Galaxy Note 10?

Posted: 08 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Samsung dikabarkan berencana untuk mengubah kebiasannya saat merilis Galaxy Note 10. Jadi, untuk generasi terbaru Galaxy Note itu, Samsung dilaporkan ingin merilis dua model sekaligus.

Padahal seperti diketahui, seri Galaxy Note selalu muncul dalam satu varian saja.

Keputusan untuk merilis dua model ini tidak lepas dari sambutan positif terhadap Galaxy S10e yang memiliki layar lebih kecil.

Oleh sebab itu, Samsung disebut ingin merilis dua model dengan layar berbeda untuk Galaxy Note 10.

Namun dari laporan terbaru, Samsung ternyata memiliki rencana lain, yakni merilis empat model sekaligus. 

Dikutip dari Sam Mobile, Selasa (9/4/2019), perbedaan itu akan terletak pada jaringan yang didukung masing-masing model.

Jadi, Samsung berencana untuk merilis Galaxy Note 10 yang mendukung 4G dan juga 5G.

Nantinya, tiap perangkat yang berbeda dukungan jaringan itu akan rilis dengan dua ukuran layar berbeda, yakni 6,28 inci dan 6,75 inci. Dengan kata lain, total ada empat varian Galaxy Note 10 yang hadir tahun ini.

Adapun untuk spesifikasi, keempat model ini dilaporkan tidak akan memiliki perbedaan. Samsung juga dikatakan masih akan mengusung spesifikasi yang tidak jauh berbeda dari Galaxy S10 untuk model Galaxy Note 10 ini.

Kendati demikian, belum ada pengumuman lebih lanjut terkait kabar dari Samsung.

Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Galaxy Note 10 Bakal Hadir dalam 2 Varian?

Samsung Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Sebelumnya, Samsung memang dilaporkan memiliki rencana merilis varian Galaxy Note 10 dengan ukuran layar lebih kecil. Kehadiran model ini tidak lepas dari sambutan positif terhadap Galaxy S10e.

Menurut tim marketing Samsung, Galaxy S10e ternyata terbukti menuai sukses di sejumlah pasar, sehingga berencana untuk mengadopsi sistem serupa untuk Galaxy Note 10.

Namun, belum dapat dipastikan mengenai ukuran layar yang disiapkan Samsung untuk Galaxy Note 10. Sejumlah pihak menyebut ada dua kemungkinan layar yang akan digunakan, yakni 6,4 inci dan 6,7 inci.

Samsung Galaxy Note 10 Bakal Hadir Tanpa Tombol Fisik

Gim Fortnite di Galaxy Note 9 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Salah satu laporan terbaru mengenai Galaxy Note 10 berasal dari ETNews. Dalam laporan itu, Galaxy Note 10 disebut-sebut sebagai smartphone pertama Samsung tanpa tombol.

Dengan kata lain, seperti dikutip dari BGR, smartphone ini tidak memiliki tombol fisik, baik untuk powervolume, termasuk Bixby.

Jika laporan tersebut benar, ini akan membuat Samsung selangkah lebih dekat menghadirkan smartphone seamless.

Absennya tombol fisik membuat navigasi smartphone ini dipastikan memanfaatkan gestur atau sentuhan.

Terlebih, ada laporan yang menyebut bahwa Samsung sudah mendaftarkan paten tentang teknologi untuk menggantikan fungsi tombol fisik.

Lebih lanjut sumber anonim itu menuturkan bahwa Samsung juga memiliki rencana untuk memboyong desain tanpa tombol ini ke perangkat yang lebih rendah, seperti Galaxy A.

Namun, besar kemungkinan teknologi ini baru diadaptasi usai Galaxy Note 10 dirilis.

Samsung sendiri disebut-sebut masih mempertahankan jadwal peluncuran seri Galaxy Note seperti biasa.

Oleh sebab itu, besar kemungkinan smartphone ini akan diperkenalkan pada Agustus 2019.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hackathon Day Tingkatkan Mutu Pendidikan Tinggi Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0

Posted: 08 Apr 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Fintech Hackathon Day yang digelar di Institut Teknologi Bandung pada tanggal 8-10 April 2019. Kegiatan ini adalah satu upaya meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan tinggi vokasi di era Revolusi Industri 4.0.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ismunandar juga membuka langsung acara tersebut pada Senin, 8 April 2019. Turut hadir Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

Hackathon Day sendiri mengusung tema training atau workshop Program Hackathon Inovasi dan Kreasi Ide Pembelajaran Financial Technology (Fintech) Perguruan Tinggi. Kegiatan dibagi ke dalam 3 jenis sebagai alat untuk pengembangan program kurikulum dan pembelajaran Fintech perguruan tinggi,

Ketiga kegiatan tersebut diikuti oleh seribu lebih peserta. 60 peserta berpartisipasi dalam Hackathon Dosen, sejumlah 1000 peserta Seminar/Talkshop Hackathon, dan 150 peserta Kompetisi Hackathon. Seluruhnya memperebutkan uang pembinaan sejumlah 200 juta rupiah.

Kegiatan ini merupakan implementasi program bimbingan teknis pengembangan pembelajaran melalui kerjasama dengan Singapura yang telah ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Singapura antara Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia dan Menteri Pendidikan Singapura pada tanggl 7 September 2017.

Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas para dosen untuk mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran terkait Fintech dalam kerangka pengembangan ekonomi digital Indonesia, serta munculnya beragam kegiatan pembelajaran mahasiswa terkait Fintech dalam menyiapkan generasi muda yang handal untuk mampu terjun dalam dunia bisnis berbasis digital.

Rrancangan pedagogi inovasi dan penciptaan ide Fintech melalui Hackathon juga diharapkan dapat menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang kreatif dan inovatif dalam bidang digital ekonomi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

19 Tahun Berlalu, Begini Kabar Terbaru 6 Pemeran Utama Amigos X Siempre

Posted: 08 Apr 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi 90-an pasti pernah dong nonton Amigos X Siempre?Bahkah mungkin, lagunya masih terngiang-ngiang di kepalamu hingga saat ini.

Pada tahun 2000-an, pertelevisian Indonesia memang marak oleh serial telenovela.  Amigos X Siempre adalah salah satu serial telenovela yang dulu sangat digilai. Serial yang berasal dari Meksiko ini mengisahkan tentang para siswa sekolah Instituto Vidal. Pedro, sang aktor utama, diperebutkan dua gadis cantik, Anna dan Renata.

Banyak yang menyukai pasangan Pedro dan Anna. Pasangan ini dulunya tidak kalah dengan sosok pasangan Dilan-Milea. Ditambah lagi dalam beberapa episodenya dibarengi dengan lagu-lagu yang enak didengar.

Tidak hanya ketiga tokoh itu saja yang menjadi perhatian, tokoh seperti Santiago yang nakal, si Rafael yang berbadan gemuk dan Patricia yang berperan sebagai seseorang yang sombong.

Tak terasa 19 tahun sudah berlalu, kira-kira bagaimana ya kabar 6 pemeran utama serial telenovela ini? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kabar terbaru 6 pemeran utama Amigos X Siempre, Selasa (9/4/2019).

 

Kabar Terbaru Pemeran Utama Amigos X Siempre

1.  Anna

Anna yang diperankan oleh Belinda Peregrin Schull ini memang sangat dicintai para penggemar telenovela tersebut. Kini Belinda kecil sudah menjadi wanita dewasa yang cantik. Wanita yang berusia 29 tahun ini masih aktif dalam dunia hiburan. Belinda saat ini masih menggeluti bidang tarik suara dan bermain peran.  

Perubahan Tokoh Amigos (Sumber: Instagram/Belindapop)

2. Pedro

Sosok Martín Alejandro Ricca Peirone yang berperan sebagai Pedro tentu tidak pernah lepas dari ingatan kamu. Tokoh Pedro yang yang dicintai Anna dan Renata ini, kini menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu. Meskipun,sebelumnya pria kelahiran 17 Desember 1985 ini masih membintangi sebuah film atau drama pada tahun 2004 silam.

Perubahan Tokoh Amigos (Sumber: Instagram/martinricca1)

3. Renata

Kamu pasti tidak akan lupa dengan sosok Renata yang judes. Renata  yang diperankan oleh Naidelyn Navarette ialah tokoh yang  suka menjahili Anna karena ia menyukai Pedro. Kisah cinta segitiga antara Anna, Pedro dan Renata ini tentu menjadi tonotnan yang selalu dinantikan 

Dari laman Instagramnya, diketahui Naidelyn lebih aktif dalam dunia peran dengan bermain opera. Ia juga tengah memiliki seorang bayi perempuan yang cantik bernama Isabella.

Perubahan Tokoh Amigos (Sumber: Instagram/naidelynng)

Pemain Amigos X Siempre Lainnya

4. Santiago

Kisah Amigos X Siempre tentu tidak akan menarik tanpa adanya tokoh antagonis seperti tokoh Santiago. Santiago yang diperankan oleh Christopher Uckermann ini adalah sosok yang kerap menggangu hubungan Anna dan Pedro.

Saat ini Christopher Uckermann paling dikenal sebagai anggota band pop RBD. Pria berusia 32 tahun ini menggeluti dunia tarik suara, menjadi penyanyi dan penulis lagu Meksiko.  Karir musiknya bersama RBD ini  albumnya  bahkan terjual lebih dari 20 juta kopi di seluruh dunia. Uckerman juga pernah bermain film yang berjudul Mind Puppets.

Perubahan Tokoh Amigos (Sumber: Instagram/christophervuckermann)

5. Patricia

Hingga saat ini Grisel Margaritha masih aktif dalam dunia hiburan. Dalam laman instagramnya dia juga terlihat menjadi penyanyi sekaligus dancer. Drama terakhir yang dibintanginya ialah La rosa de Guadalupe pada tahun 2008 silam.

Perubahan Tokoh Amigos (Sumber: Instagram/griselmargarita)

6. Rafael

Masih ingat dengan Rafael yang bertubuh gemuk? Kini sosok Rafael yang dipernakan oleh Ronald Duarte mengalami perubahana yang drastis, bahkan kamu bisa pangling dibuatnya.

Tidak bertubuh gemuk lagi, ia saat memiliki badan yang proprosional dan dan tampan.  Saat ini Ronald lebih dikenal sebagi pencipta lagu rock, lagu terbaru dari Ronald yang baru saja liris bertajuk Virus.

Perubahan Tokoh Amigos (Sumber: Instagram//methemachine/)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Jadi Sorotan Dunia karena Konsisten Bela Lautan

Posted: 08 Apr 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Monaco - Indonesia menjadi sorotan di ajang Monaco Ocean Week 2019 berkat ketegasan dalam melindungi lautan dan mempromosikan ekonomi biru (blue economy). Upaya ini dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mengirim lima delegasi ke acara tersebut.

Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL), Brahmantya Satyamurti Poerwadi. Ia berharap ada langka nyata dari segala pihak dalam melindungi perairan yang dilindungi (Marine Protected Area/MPA) demi melawan perubahan iklim.

"Kita juga membahas aksi-aksi yang bisa kita lakukan untuk membangun political willingness dari pemerintah, pelaku bisnis, maupun masyarakat di tiap-tiap negara supaya tantangan akan perlindungan spesies lintas-batas dapat diatasi," ucap Brahmantya seperti dikutip rilis Kementerian KKP, Selasa (9/4/2019).

Isu lautan lain yang Indonesia sorot adalah mengenai maraknya perdagangan dan konsumsi terumbu karang secara ilegal, terutama di Hong Kong dan China. "Kondisi ini tentu mengancam keberlanjutan ikan karang kita dan secepatnya harus kita hentikan," ujar Brahmantya. 

Sementara itu, dalam Pertemuan Tingkat Tinggi (PTT) Lembaga Penelitian Kelautan Eropa, Indonesia berkesempatan menjadi satu-satunya negara Asia dalam forum yang membahas tentang bagaimana membangun hubungan yang kuat antara ilmu pengetahuan, masyarakat dan politik untuk dapat menentukan masa depan ilmu pengetahuan di Eropa.

Menurut Menteri Susi, aksi Indonesia di Monaco Ocean Week adalah bentuk konsistensi Indonesia dalam memperjuangkan lautan. Sebelumnya, Indonesia melakukan hal serupa di Our Ocean Conference 2018 di Bali.

"Komitmen itu kembali kita buktikan dengan peran Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan Our Ocean Conference 2018 di Bali dan kepemimpinan bersama sebagai ketua International Coral Reef Initiative (ICRI) periode 2018-2020," ucap Menteri Susi.

Monaco Ingin Membantu Indonesia

Siswa melakukan pengamatan kondisi terumbu karang pada program Sekolah Pantai Indonesia (SPI) di Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta (22/11). Kegiatan Gerakan Cinta Laut oleh KKP menerapkan prinsip dari, oleh dan untuk siswa. (Liputan6.com/KKP)

Didier Zocolla, peneliti dari Centre Scietifique de Monaco (CSM), menyampaikan bahwa Monako berkomitmen untuk membantu penelitian pengelolaan terumbu karang di beberapa negara. Kesempatan ini menjadi peluang kerjasama bagi Indonesia dan Monaco dalam pengelolaan terumbu karang di Indonesia.

"Selain itu, Indonesia juga akan terus mengangkat isu Life Reef Fish Food Trade (LRFFT) dan pengelolaan konservasi terumbu karang berkelanjutan pada forum-forum internasional yang diikuti oleh ICRI," lengkap Brahmantya.

Hal itu akan turut didorong dengan kesepakatan yang dicapai oleh para peneliti terkait terumbu karang di pertemuan World Coral Conservatoire Workshop. Mereka menyepakati untuk mengembangkan kerangka kegiatan penelitian karang, ruang lingkup, dan lokasinya. Indonesia, dalam hal ini, menjadi salah satu negara yang diusulkan sebagai lokasi project yang akan dilaksanakan.

Tawarkan Kerjasama lewat PIAMARI dan MIAMARI

Ilustrasi dasar laut (iStock)

Selain mengikuti berbagai pertemuan dalam forum, delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia, Sjarief Widjaja, melakukan petemuan bilateral dengan Center Scientifique de Monaco (CSM). Mewakili KKP, ia mengajukan 4 proposal penelitian, concept paper, dan pengelolaan akuarium untuk dipertimbangkan oleh CSM.

"Kita harapkan, nantinya berbagai program yang ada di dalam proposal itu bisa dilaksanakan bersama-sama antara peneliti Monako dan Indonesia," ucap Sjarief.

Ia juga menawarkan 2 fasilitas pusat penelitan dan peralatan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan bersama oleh kedua negara untuk mempercepat penanggulangan isu-isu kelautan dan perikanan global yang tengah mengancam saat ini.

"Kita punya Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Resarch Institute (PIAMARI) di Pangandaran dan Morotai Integrated Aquarium and Marine Research Institute (MIAMARI) di Morotai. Ini dapat kita gunakan bersama untuk mencapai penelitian bersama," ujarnya.

Selanjutnya, KKP akan menyampaikan daftar fasilitas yang dimiliki secara detail beserta dengan kualifikasi keahlian yang dimiliki untuk diproses lebih lanjut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Khawatir Puluhan Muslim Rohingya Tewas Akibat Serangan Helikopter

Posted: 08 Apr 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Rakhine - Kantor Komisariat Tinggi PBB urusan hak asasi manusia di Jenewa menerangkan hari Senin (8/4), pihaknya khawatir puluhan Muslim Rohingya tewas akibat serangan helikopter pekan lalu, jauh lebih banyak dari yang semula dikatakan tujuh orang.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Selasa (9/4/2019) juru bicara komisariat, Ravi Shamdasani mengatakan pihaknya sekarang menerima laporan jumlah korban mungkin lebih banyak dari itu. Ada laporan pada Komisariat yang belum dikonfirmasi bahwa jumlahnya mungkin sampai 30 orang.

Penduduk kota kecil Bithidaung mengatakan, hari Kamis (4/4) ada sebuah helikopter militer yang menyerang serombongan Rohingya yang sedang mengumpulkan bambu.

Shamdasani menambahkan, pemerintah Myanmar mesti dapat memastikan bahwa 'penduduk sipil tidak dijadikan sasaran dan artileri berat tidak digunakan di kawasan penduduk dengan alasan keamanan nasional.

Myanmar menganggap Rohingya selaku pendatang gelap dari India dan Bangladesh.

Penyidik PBB Prihatin Pengungsi Rohingya Akan Dipindah ke Pulau Terpencil

Bocah-bocah Rohingya mengenakan pakain baru selama perayaan Idul Adha di kamp pengungsi Thangkhali, Bangladesh, Rabu (22/8). Hampir setahun mereka menghuni kamp ini usai kabur menghindari represi militer di Negara Bagian Rakhine. (Dibyangshu SARKAR / AFP)

Penyidik khusus Komisi HAM PBB untuk Myanmar Yanghee Lee menyatakan keprihatinan mendalam atas rencana Bangladesh memindahkan 23.000 pengungsi Rohingya ke sebuah pulau terpencil. Dia memperingatkan pulau tersebut kemungkinan tidak layak huni dan bisa memicu krisis baru.

Bangladesh sebelumnya mengumumkan rencana memindahkan para pengungsi ke pulau Bhasan Char untuk mengurangi kepadatan di tempat penampungan pengungsi Cox's Bazar.

Saat ini sekitar 730.000 warga Rohingya ditampung di Cox's Bazar, sekaligus menjadikannya kamp pengungsi terbesar di dunia.

PBB menyatakan minoritas Muslim ini melarikan diri dari pembunuhan massal dan pemerkosaan di negara bagian Rakhine, Myanmar, sejak Agustus 2017.

Sejumlah pihak mengkritik rencana relokasi ini. Mereka menyatakan pulau itu sering diterjang badai dan tidak dapat menyediakan mata pencaharian bagi ribuan orang.

"Ada sejumlah hal yang belum jelas bagi saya bahkan setelah mengujungi pulau itu," ujar Yanghee Lee, seperti dikutip dari ABC Indonesia.

Termasuk, katanya, apakah pulau itu benar-benar bisa dihuni manusia.

"Relokasi yang tak terencana dengan baik serta tanpa persetujuan para pengungsi yang bersangkutan, berpotensi menciptakan krisis baru," kata Lee yang berkunjung ke pulau itu pada Januari lalu.

Pemerintah Bangladesh, katanya, berkewajiban memastikan bahwa pemindahan ini tidak menimbulkan krisis baru.

Pemerintah Bangladesh belum memberikan tanggapan terhadap masalah ini.

 

Rentan Tersapu Gelombang Pasang

Pengungsi Rohingya memperbaiki rumahnya di Kamp Pengungsi Kutupalong, Bangladesh, 28 April 2018. Apabila hujan tiba, ada ancaman serius kamp pengungsi yang dibangun secara tidak teratur itu mengalami kebanjiran dan longsoran lumpur. (AP Photo / A.M. Ahad)

Bhashan Char, juga dikenal sebagai Thengar Char, terletak 21 mil laut dari Noakhali, 11 mil laut dari Jahajir Char, 4.2 mil laut dari Sandwip, 28 mil laut dari Patenga, dan 13,2 mil laut dari Hatia.

Satu-satunya moda perjalanan bagi penduduk Bhasan Char, yang terletak 30 km dari daratan, akan menjadi kapal yang memakan waktu tiga hingga tiga setengah jam untuk melakukan perjalanan dari Hatia.

Meskipun ada keberatan dari Rohingya dan komunitas internasional, pemerintah masih berharap bahwa rencana itu akan membantu mengelola populasi pengungsi masif secara disiplin.

Salah satu kekhawatiran utama yang diajukan oleh Rohingya terhadap Bhasan Char adalah bahwa mereka khawatir pulau itu akan tersapu oleh gelombang pasang.

Daerah tersebut, dinyatakan sebagai cadangan hutan pada tahun 2013, adalah 10.000 hektar pada saat air pasang dan 15.000 hektar pada saat air surut.

Tidak ada yang pernah hidup di pulau itu sebelumnya. Itu sebagian besar digunakan untuk penggembalaan ternak sampai pembangunan tempat penampungan untuk Rohingya dimulai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Paspor Spanyol, Real Madrid Tetap Ogah Rekrut James

Posted: 08 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Madrid- Real Madrid tetap ogah untuk merekrut kembali James Rodriguez di musim depan. Meski gelandang serang asal Kolombia itu kini sudah memiliki paspor Spanyol.

Dengan demikian, James tak lagi dinilai sebagai pemain asing kalau gabung Real Madrid. Klub Liga spanyol hanya dibolehkan rekrut tiga pemain asing non Eropa.

Meski begitu, Zinedine Zidane tak tertarik untuk mendatangkan James kembali. Zidane dari dulu memang kurang sreg dengan permainan James.

Ini yang membuat James hengkang dari Real Madrid pada 2017. Puncaknya terjadi saat James sama sekali tak masuk skuat di final Liga Champions 2017.

Kehadiran kembali James di Real Madrid dirasa semakin tak mungkin. Itu mennyusul bakal hadirnya Eden Hazard yang punya posisi sama dengan James.

Klub Lain

Pemain Real Madrid, Luka Modric jatuh saat berebut bola dengan pemain Bayern, Thiago dan James Rodriguez pada leg pertama semfinal Liga Champions di Allianz Arena, Munich, (25/4/2018). Real Madrid menang 2-1. (AP/Matthias Schrader)

James kini harus mencari klub lain setelah masa peminjamannya di Bayern Munchen berakhir. Niko Kovac diyakini tak akan mempertahankannya.

Juventus dikabarkan siap menampung James. Juventus masih mendapatkan tempat bagi pemain asal Kolombia ini.

Opsi ini lebih terbuka ketimbang James main di Liga Inggris. Belum ada klub Inggris yang menyataan minat dengan James.

 

Klasemen Liga Spanyol

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Said Iqbal Tirukan Ratna Sarumpaet: Kamu Harus Datang Karena Kakak Dianiaya

Posted: 08 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal bersaksi di sidang perkara penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Dalam kesaksiannya, Said mengaku dihubungi Ratna Sarumpaet melalui handphone stafnya, Saharudin pada 28 September 2018. Kebetulan saat itu, handphonenya mati. Kemudian, Saharudin menghubungi stafnya bernama Septian di KSPI. Dalam pembicaraaan, Said diminta datang ke ke rumah Ratna Sarumpaet.

"Telepon Saharudin masuk ke staf saya. Staf saya bilang Kak Ratna mau bicara. Di kasihlah ke saya dan ke Ratna. Kak Ratna minta datang ke rumahnya," ucap Said Iqbal, Selasa (9/4/2019).

Said yang saat itu sedang dalam perjalanan memilih untuk pulang ke kediamannya. Alasannya, kondisi di jalan sedang tidak bersahabat yaitu macet karena sedang hujan lebat.

Said menjelaskan, Ratna Sarumpaet kembali menelepon sambil terisak menangis dan memintanya datang ke rumah.

"Kamu harus datang, karena kakak (Ratna Sarumpaet) dianiaya," ucap Said menirukan suara Ratna.

Mendengar cerita itu, Said memutar balik kendaraan yang ditumpangi dan bergegas menuju rumah Ratna Sarumpaet. "Saya minta taksi belok sampai di sana (rumah Ratna Sarumpaet) jam 11 malam. Bertemu dengan Sahar dipersilakan masuk ketemu kak Ratna," ucap Said.

Ratna Sarumpaet kemudian menjelaskan tentang penganiayaan yang dialaminya sambil menunjukan foto lebam. Dia pun merespons.

"Kak sebaiknya lapor polisi. Tapi Kak Ratna menjawab ada pertimbangan-pertimbangan lain sehingga tidak melapor ke polisi," ucap dia.

Ratna Meminta Dipertemukan dengan Prabowo

Terdakwa kasus berita hoaks penganiayaan, Ratna Sarumpaet tiba untuk menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (4/4). Sidang kali ini beragendakan pemeriksaan saksi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Said Iqbal lalu menghubungi rekannya Andi Harnoko. Mereka duduk bertiga di ruang tamu. Ratna kembali menceritakan penganiayaan yang dialaminya.

Ratna meminta dipertemukan dengan Prabowo Subianto. Esok harinya, Said menghubungi ajudan untuk bertemu Prabowo. Sebelumnya, Ratna mengaku sudah bicara dengan Fadli Zon. Bahkan, menurut keterangan Ratna, Fadli telah mengatur pertemuan dengan Prabowo Subianto.

Singkat cerita, ajudan menjawab pesannya, yaitu pada 1 Oktober 2018. Isinya, Prabowo Subianto bersedia menerima kedatangan Ratna Sarumpaet pada 2 Oktober 2018.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Jawaban Netizen Soal 'UN Ambil Apa' Ini Bikin Tersenyum Tipis

Posted: 08 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) telah usai dilaksanakan. Kini para siswa bisa bernapas lega sembari menanti pengumuman nilai dan kelulusan mereka. Ujian Nasional memang menjadi salah satu hal yang penting untuk masa sekolah. Pasalnya, Ujian Nasional menjadi salah satu indikator yang menentukan kelulusan.

Karena menjadi agenda rutin setiap tahun bagi para siswa Ujian Nasional pasti menyimpan banyak cerita. Setiap tahunnya Ujian Nasional (UN) menjadi salah satu bagian terpenting bagi seorang siswa dalam menyelesaikan pendidikannya di bangku sekolah. Namun, beberapa tahun belakangan ini telah diterapkan suatu aturan yang mana mata pelajaran UN akan dipilih oleh siswanya sendiri.

Setiap siswa SMA peserta UN diwajibkan memilih satu mata pelajaran (mapel) pilihan sesuai jurusan dan peminatannya. Untuk jurusan IPA, siswa dapat memilih salah satu mapel, yaitu Fisika, Kimia, atau Biologi.  Untuk jurusan IPS, siswa dapat memilih salah satu mapel, yaitu Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi.

Kemudian untuk jurusan Bahasa, mapel yang dapat dipilih siswa yaitu Antropologi, Sastra Indonesia, atau Bahasa Asing (Mandarin, Jepang, Arab, Jerman, atau Prancis). Nah, baru-baru ini muncul curhatan nyeleneh netizen soal jawaban Ujian Nasional ambil apa yang bikin kamu tersenyum sendiri melihatnya, Liputan6.com, Selasa (9/4/2019).

 

1. Reproduksi merupakan karakter ahli anak biologi

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/boolnaga)

2. Itu hati atau apaan, kok keras banget?

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/BhayangkaraArya)

3. Ini perasaan lho, bukan medan pertempuran

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/DFitriaH1)

4. Reaksi kimia itu suatu proses alam dalam menyeleksi pasangan terbaik

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/baguswy_)

5. Bukannya pelit, tapi enggak mau berbagi aja

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/bangauohbangauu)

6. Dasar, bisa aja lu koin kerokan

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/Anggoen19)

7. Kan emang tugasnya anak ekonomi begitu, Bambang

Jawaban Netizen Tentang UN Ambil Apa (sumber: Twitter/putrfazh)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Turis Jerman Diperkosa dan Dibunuh di Thailand

Posted: 08 Apr 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang turis remaja Jerman ditemukan tak bernyawa di Thailand. Korban adalah korban pembunuhan dan pemerkosaan. Tak berapa lama setelah kejadian, polisi menangkap warga lokal yang diduga sebagai pelaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Satgultor TNI Lumpuhkan Teroris di Ancol

Posted: 08 Apr 2019 08:43 PM PDT

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau latihan penanggulangan teror di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Latihan penanggulangan teror ini dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang akan terjadi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meninjau latihan penanggulangan teror di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Latihan penanggulangan teror ini dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang akan terjadi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI turun dari helikopter ketika latihan penanggulangan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Latihan penanggulangan teror ini dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang akan terjadi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI turun dari helikopter ketika latihan penanggulangan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Latihan penanggulangan teror ini dilakukan untuk menguji kesiapsiagaan Satgultor TNI menghadapi kemungkinan ancaman terorisme yang akan terjadi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI melakukan latihan penanggulangan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Tema latihan

Prajurit Satuan Penanggulangan Teror (Satgultor) TNI melakukan latihan penanggulangan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Tema latihan "Satgultor TNI Melaksanakan Penanggulangan Aksi Terorisme di Wilayah DKI Jakarta Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI". (Liputan6.com/Johan Ta

Prajurit Satgultor TNI melakukan skenario pembebasan sandera ketika simulasi penanganan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Sejumlah tim elit diterjunkan dalam melumpuhkan teroris yang dipersenjatai dengan senjata api dan alat peledak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI melakukan skenario pembebasan sandera ketika simulasi penanganan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Sejumlah tim elit diterjunkan dalam melumpuhkan teroris yang dipersenjatai dengan senjata api dan alat peledak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anjing K-9 melumpuhkan teroris yang berusaha kabur di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Satgultor TNI mengadakan simulasi pembebasan sandera  terorisme dengan melibatkan Satuan-Sl (Sat-81) Kopassus TNI AD‚ Denjaka TNI AL dan Satbravo-9O Paskhas TNI AU. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Anjing K-9 melumpuhkan teroris yang berusaha kabur di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Satgultor TNI mengadakan simulasi pembebasan sandera terorisme dengan melibatkan Satuan-Sl (Sat-81) Kopassus TNI AD‚ Denjaka TNI AL dan Satbravo-9O Paskhas TNI AU. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI melakukan pengejaran terhadap teroris yang kabur ketika simulasi penanganan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Sejumlah tim elit diterjunkan dalam melumpuhkan teroris yang dipersenjatai dengan senjata api dan alat peledak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI melakukan pengejaran terhadap teroris yang kabur ketika simulasi penanganan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Sejumlah tim elit diterjunkan dalam melumpuhkan teroris yang dipersenjatai dengan senjata api dan alat peledak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI melakukan pengejaran terhadap teroris yang kabur ketika simulasi penanganan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Sejumlah tim elit diterjunkan dalam melumpuhkan teroris yang dipersenjatai dengan senjata api dan alat peledak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Prajurit Satgultor TNI melakukan pengejaran terhadap teroris yang kabur ketika simulasi penanganan teror di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (9/4). Sejumlah tim elit diterjunkan dalam melumpuhkan teroris yang dipersenjatai dengan senjata api dan alat peledak. (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sheraton Bali Kuta Kenalkan Profil Baru untuk Perkembangan Resort yang Semakin Baik

Posted: 08 Apr 2019 08:43 PM PDT

Jakarta Perkembangan industri hotel yang semakin pesat membuat Sheraton Bali Kuta Resort terus berkembang untuk menghadirkan hal baru yang mampu membawa resort ini semakin baik. Kali ini, sosok baru Marie Browne hadir sebagau resort General Manager yang siap untuk menjalani tugasnya dengan tanggung jawab penuh tergadap daily operation untuk mengelola 203 kamar hotel dan suites, 3 area dining venues dan spa.

Minat dalam bidang perhotelan sudah ia jalani dengan pengalaman yang tinggi yaitu selama 18 tahun di industri hospitality. Marie memulai kariernya bersama The Ritz-Carlton Tyson's Corner di Virginia, Amerika Serikat sebagai trainee, ia juga melanjuti kariernya untuk mengurus operasional di beberapa posisi dari Ritz-Carlton di Amerika Serikat dan Karibia pada tahun 2010. Ia juga berhasil bergabung bersama Marriott Internasional sebagai direktur operasional untuk Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan.

Bekerja sebagai ahli rooms dan operations, Marie telah mendukung lebih dari 30 pembukaan hotel dan conversions global termasuk properti, taskforce assignments yang tersebar dalam jaringan Marriott International yaitu Ritz Carlton, Marriott, Renaissance, Westin, Courtyard, dan Moxy. Sebelum memilih menjalani kehidupan di Bali dan berdedikasi untuk Sheraton Bali Kuta Resort, Marie juga pernah mengisi posisi sebagai Marriott International Area Director of Operations untuk Indonesia sejak tahun 2014.

Marie menyatakan bahwa "Saya telah mengunjungi Bali beberapa kali di peran saya sebelumnya dan selalu menjadi tujuan yang saya nantikan. Saya suka ituKeramahtamahan bawaan orang Bali dan semangat kepedulian yang tulus. Saya senang memiliki kesempatan untuk mengambil peran ini di salah satu resor terkemuka Marriott International, Sheraton Bali Kuta Resort. Saya berharap dapat bekerja sama dengan tim hotel dan mitra utama untuk terus memberikan pengalaman Sheraton yang sebenarnya sekaligus juga mengangkat Kuta sebagai tujuan, "

Sheraton Bali Kuta Resort

Marie Browne

Marie saat ini sedang menyelesaikan gelar Masternya, yang akan diselesaikan pada tahun 2019, sebagai pelengkap gelar Master di Hotel dan Manajemen Katering dari Institut Teknologi Galway-Mayo di Irlandia. Di waktu senggangnya, Marie gemar melakukan perjalanan traveling sambil mempelajari budaya baru seperti menikmati kuliner tempat tersebut. Seperti yang diketahui, Sheraton Bali Kuta Resort memiliki 203 kamar dan suite mulai dari 46 hingga 265 meter persegi, masing-masing dilengkapi dengan Sheraton Signature Sleep Experience dan memiliki balkon pribadi yang luas dengan pemandangan alam lepas yang menjanjikan.

Resor ini juga dilengkapi dengan tiga area dining, yaitu; Bene, Feast, dan The Lounge. Di sini, kamu juga bisa bersantai dan meremajakan diri di Shine Spa, atau menyeimbangkan liburan di Sheraton Fitness. Jangan lewatkan untuk bersantai di fasilitas kolam renang luar ruangan, dan biarkan anak-anak menjelajah fasilitas menarik di Play @ Sheraton.

Sheraton Bali Kuta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Final Piala Presiden Indosiar: Persebaya vs Arema FC

Posted: 08 Apr 2019 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Laga pertamaFinal Piala Presiden 2019 digelar sore ini. Persebaya Surabaya akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah bagi Arema FC di Stadion Gelora Bung Tomo.

Baru, pada tanggal 12 April mendatang, giliran Arema FC berlaku sebagai tuan rumah bagi Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Di Gelora Bung Tomo, final Piala Presiden 2019 ini sendiri dipastikan akan berlangsung sengit. Meski berlaku sebagai tuan rumah, tak ada jaminan Persebaya akan menang mudah di laga ini.

Apalagi, jika melihat tren bagus Arema FC di dua laga semifinal, saat mereka menang agregat 6-0 atas Kalteng Putra. Jadi, bagaimana hasil pertandingan ini?

Simak Live Streaming final Piala Presiden: Persebaya vs Arema FC mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Final Piala Presiden: Persebaya vs Arema FC di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Final Piala Presiden: Persebaya vs Arema FC silakan klik di sini....

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Novan Setya Sasongko (belakang); Misbakus Solikin, Damian Lizio, Fandi Eko Utomo (tengah); Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Arema FC (4-2-3-1): Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Ahmad Alfarizi (belakang); Hanif Sjahbandi, Hendro Siswanto; Dendi Santoso, Makan Konate, Ricky Kayame (tengah), Dedik Setiawan (depan)

Pelatih: Milomir Seslija

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bondan Janji Bawakan Lagu Andalan di Konser Musik Perbatasan Malaka

Posted: 08 Apr 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Konser Musik Perbatasan Malaka dan Kefamenanu (KMP-MK) 2019 dipastikan bakal heboh. Sebab, event ini bakal menghadirkan penyanyi top Bondan Prakoso. Event ini akan digelar 24-25 April 2019, di Lapangan Paroki Kamanasa (MISI), Betun, Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Terima kasih kepada Kemenpar yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk bisa ikut dalam mempromosikan Indonesia. Ini sebuah kebanggaan buat saya. Lagu-lagu andalan saya akan saya bawakan di acara nanti,"ujar Bondan kepada wartawan, kemarin.

Sosok Bondan dikenal memiliki naluri bermusik yang luar biasa. Banyak lagunya yang menjadi hits di tanah air. Bondan juga dikenal sangat jago bermain bass.

"Bondan punya karakter luar biasa. KMP-MK 2019 semakin spesial. Bondan Prakoso itu figur penuh talenta. Dedikasinya untuk musik tidak perlu diragukan lagi. Sebab, dia membangun pondasi dan karir sejak masih anak-anak," ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh.

Ricky Fauziyani. Lahir pada 8 Mei 1984, Bondan Prakoso mengawali karier sebagai penyanyi cilik. Ia tenar dengan lagu Si Lumba-Lumba yang dirilisnya diusia 5 tahun. Dari rentang 1988 hingga 1994, total 7 album sudah dihasilkannya. Dan, sejak itu produktivitas naik seiring bertambahnya usia dan pemahaman musiknya.

"Bondan sudah mengalami tahapan sebagai musisi besar. Fase-fase pembelajaran sudah dilaluinya dengan sangat baik. Hasilnya pun bisa dilihat saat ini. Kehadiran Bondan di KMP-MK 2019 bisa menjadi inspirasi bagi publik perbatasan. Kerja keras dan totalitas dalam bermusik akan membuka jalan hidup luar biasa," terang Ricky lagi.

Melalui ajang Musik Tawuran, Bondan Fungky membentuk band Kopral pada 1997. Ia berposisi sebagai basis di band itu. Lalu, selang 2 tahun berikutnya album Funchopat dirilis. Lagu andalannya adalah Funchopat dan Cassanova. Pada 2000, album kedua Fungky Kopral dengan Funkadelic Rhythm and Distortion lahir. Ada 3 single yang nge-hits seperti, Bagian Yang Hilang, Super Funk, dan Drop Dead Down. Langkah besar dilakukan Bondan bersama Fungky Kopral pada album ke-3. Mereka lalu menggandeng pengusaha dan budayawan Setiawan Djody. Album ini berlabel Misteri Cinta (2002), singlenya Tokek, Misteri Cinta, dan Revolusi Biru.

Setelah keluar dari Fungky Kopral, Bondan membentuk proyek baru bersama grup rap Fade2Black. Sinergi ini lalu melahirkan album Respect pada 2015.

"Kreativitas Bondan Prakoso pun terus tumbuh. Dalam bermusik, ada banyak terobosan yang dilakukan oleh Bondan. Inovasi ini menjadi karya yang bagus dan selalu diterima industri musik tanah air," kata Ricky lagi.

Bondan feat Fade2Black sukses besar. Terlebih saat album Unity dikeluarkan tahun 2007. L Bondan dan Fade2Black menghadirkan lagu Kroncong Protol. Lagu ini menjadi 'perkawinan' antara musik tradisional dan modern. Mereka juga mendedikasikan hymne Rezpector bagi fans. Rezpector ini lalu menjadi sebutan penggemar Bondan dan Fade2Black.

Selang 3 tahun berikutnya, album For All dilaunching. Album For All semakin menegaskan kapabilitas Bondan. Tetap berkolaborasi dengan Fade2Black, lagu Ya Sudahlah pun meledak di pasaran. Album ini bahkan dinilai ditandai sebagai puncak kesuksesan mereka dalam bermusik. Selain Ya Sudahlah, ada hits lainnya seperti, Kita Slamanya, Tetap Semangat, Not With Me, dan Sang Juara.

"Mereka memang fenomenal. Untuk itu, tetap bergabung dalam KMP-MK 2019. Sebab, komposisi dari musik terbaik ada di sini," ujar Ricky.

Selain banyak hits, Bondan Prakoso juga memiliki beberapa penghargaan. Album Funkadelic Rhythm and Distortion (2000) bahkan dinobatkan AMI Sharp Awards 2001 sebagai Group Alternatif Terbaik. Ada juga AMI Awards 2003 sebagai Kolaborasi Rock Terbaik. Award ini sebagai apresiasi atas kolaborasi Fungky Kopral dengan Setiawan Djody pada 2002.

"Harus diakui, Bondan Prakoso ini figur luar biasa. Kreativitasnya dalam bermusik terus dialirkannya. Kehadiran Bondan dan Maria Vitoria di KMP-MK 2019 jadi paket terbaik. Yang jelas, selain atraksinya, KMP-MK juga ditopang aksesibilitas dan amenitas luar biasa. Enjoy Malaka," tutup Menteri Pariwisata Arif Yahya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 40 Satwa Kebun Binatang Gaza Dievakuasi ke Yordania

Posted: 08 Apr 2019 08:36 PM PDT

Seekor singa yang kekurangan gizi saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Puluhan hewan dari kebun binatang di Gaza dievakuasi dalam kondisi 'menyedihkan'. (SAID KHATIB/AFP)

Seekor singa yang kekurangan gizi saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Puluhan hewan dari kebun binatang di Gaza dievakuasi dalam kondisi 'menyedihkan'. (SAID KHATIB/AFP)

Anggota organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws membius kera saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Hewan-hewan itu dibius untuk perjalanan 300 kilometer melalui wilayah Israel, yang telah mengizinkan proses evakuasi. (SAID KHATIB/AFP)

Anggota organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws membius kera saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Hewan-hewan itu dibius untuk perjalanan 300 kilometer melalui wilayah Israel, yang telah mengizinkan proses evakuasi. (SAID KHATIB/AFP)

Sejumlah burung pelikan ditempatkan dalam kandang saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Selain burung, hewan-hewan yang dievakuasi lainnya adalah singa dan monyet. (SAID KHATIB/AFP)

Sejumlah burung pelikan ditempatkan dalam kandang saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Selain burung, hewan-hewan yang dievakuasi lainnya adalah singa dan monyet. (SAID KHATIB/AFP)

Pekerja kebun binatang dan anggota organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws mengangkut kandang berisi hewan saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). (SAID KHATIB/AFP)

Pekerja kebun binatang dan anggota organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws mengangkut kandang berisi hewan saat akan dievakuasi dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). (SAID KHATIB/AFP)

Amir Khalil, seorang dokter hewan dan organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws mengevakuasi hewan dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Pemilik kebun binatang mengatakan buruknya ekonomi dan blokade Israel membuatnya tak mampu merawat. (SAID KHATIB/AFP)

Amir Khalil, seorang dokter hewan dan organisasi kesejahteraan hewan internasional Four Paws mengevakuasi hewan dari kebun binatang di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, Minggu (7/4). Pemilik kebun binatang mengatakan buruknya ekonomi dan blokade Israel membuatnya tak mampu merawat. (SAID KHATIB/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cover Lagu K-Pop dengan Alat Musik Tradisional Ini Kece Abis

Posted: 08 Apr 2019 08:35 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Di tengah gempuran beragam jenis musik, alat musik tradisional masih tetap eksis hingga kini. Ini terbukti dengan masih banyaknya anak muda yang tertarik untuk menggunakan alat musik tradisional. Bahkan di tangan anak muda, alat musik tradisional bisa dikreasikan untuk membuat karya yang indah.

Alat musik tradisional ini semakin populer, dimana banyak anak muda yang mengkreasikannya untuk mengiringi lagu-lagu baru yang sedang populer dan hasilnya sangat menakjubkan.

Bukan cuma lagu dalam negeri, lagu K-Pop pun berhasil mereka kreasikan dengan apik. Perpaduan bunyi antar alat musik tradisional itu menciptakan nada yang indah. Baru-baru ini beredar video anak muda memainkan gamelan dan angklung yang mengcover lagu K-pop, hal ini pun mendapat banyak sekali tanggapan warganet.

Penasaran seperti apa hasilnya? Berikut video cover lagu K-pop dengan alat musik tradisional yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/4/2019).

Cover Angklung BLACKPINK

Begini jadinya jika angklung digunakan untuk mengcover lagu satu girl band korea yang lagi hits banget di dunia Internasional. Lagu BLACKPINK yang berjudul Ddu-Du-Ddu-Du itu terdengar makin indah. Video ini diunggah oleh chanel youtube Dika Trimahardika dan telah mendapatkan viewer lebih dari 50 ribuan.

Cover Talempong BLACKPINK

Masih sama seperti sebelumnya, yaitu mengcover dari BLACKPINK, namun ini menggunakan gamelan. Video ini diunggah oleh chanel youtube Lentera Kesuma yang sebelum artikel ini diunggah telah mendapatkan 1,701,817 view.

Lentera Kusuma adalah SMP Sains MARA Kuala Klawang, Negeri Sembilan, Malaysia.

Cover Talempong Jennie - Solo

Pemainnya masih sama seperti sebelumnya, video ini diunggah oleh chanel youtube Lentera Kesuma, yang sedang tampil dan membawakan lagu dari Jennie - Solo.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Porto: Liverpool Sangat Bagus, tapi Bisa Dikalahkan

Posted: 08 Apr 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Sebuah keyakinan diungkapkan oleh Pepe. Bek FC Porto itu optimis timnya mampu menyingkirkan Liverpool di Liga Champions musim ini.

Tengah pekan nanti FC Porto akan kembali beraksi di ajang Liga Champions. Kali ini mereka akan terbang ke Inggris untuk menghadapi Liverpool di Anfield pada leg pertama babak perempat final Liga Champions.

Pada laga ini Liverpool lebih diunggulkan untuk ketimbang Porto. Selain karena status mereka sebagai tuan rumah, Liverpool menunjukkan performa yang sangat baik musim ini sehingga mereka menjadi salah satu kandidat kuat juara Liga Champions musim ini.

Namun Pepe sendiri optimis timnya bisa melaju ke babak semifinal dan menumbangkan Liverpool. "Saya sudah memenangkan tiga gelar Liga Champions dan musim ini jika tuhan mengkehendaki tahun ini gelar saya menjadi empat," buka Pepe kepada situs resmi UEFA.

Pepe mengakui bahwa Liverpool memang pantas diunggulkan untuk menjadi juara Liga Champions musim ini.

Namun ia menegaskan timnya tidak boleh kalah sebelum berperang di mana mereka harus bekerja keras untuk menghadapi wakil Inggris tersebut.

"Kami tahu bahwa untuk lolos ke semifinal merupakan tugas yang sangat berat. Kami akan menghadapi tim yang sangat kuat yang memainkan gaya bermain yang bagus dari pelatih mereka."

Punya Peluang

Bek FC Porto, Pepe (kiri), optimistis dengan peluang saat lawan Liverpool di Liga Champions. (AFP/ Alberto Pizzoli)

Pepe juga menegaskan bahwa meski Liverpool lebih diunggulkan, Porto juga masih punya peluang untuk lolos ke babak semifinal jika mereka tampil dengan optimal di tengah pekan nanti.

"Kami harus bermain dengan gaya kami sendiri. Kami harus bermain seperti yang sudah kami lakukan selama Liga Champions musim ini."

Kohesif

"Kami adalah tim yang kohesif dan berjuang untuk memenangkan setiap laga. Kami selalu mencari hasil yang positif, kami selalu mencoba untuk mencetak gol dan menjadi diri kami sendiri."

"Kami harus menghormati Liverpool yang merupakan tim yang sangat bagus. Namun kami harus melakukan tugas kami sendiri." tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menristekdikti Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur Muda

Posted: 08 Apr 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong mahasiswa untuk menggali potensi kewirausahaan dalam dirinya selama berkuliah. Hal ini agar mereka dapat menciptakan lapangan kerja setelah lulus.

Ia mengatakan, Kemenristekdikti juga menyediakan berbagai program pembinaan dan kompetisi kewirausahaan yang dapat diikuti mahasiswa, yakni seperti Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia.

"Melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, saya buat program kewirausahaan. Tujuannya biar mereka dapat berlatih di dalam kampus. Setelah mereka berlatih, nanti setelah lulus mereka bisa berinovasi dengan teknologi yang mereka miliki. Mereka bisa menjadi entrepreneur muda," ungkap Nasir di Universitas Nahdlatul Ulama (Unusida), Sidoarjo, Senin (8/4/2019) melalui keterangan tertulis.

Ia menyatakan, dunia orang tua dengan pemuda Indonesia saat ini sudah berbeda. Ada persaingan antara teknologi dengan tenaga kerja manusia yang membuat kebutuhan lowongan pekerjaan berubah.

"Dunianya berbeda sekali. Anak muda sekarang itu biasanya di dalam kerja, satu tahun, dua tahun pindah. Mereka mencari jati diri untuk membentuk entrepreneur muda dan itu harus kita dorong. Jangan diarahkan jadi seperti orang tuanya saja, atau harus jadi PNS saja," tutur Nasir.

Selama pemerintahan lima tahun terakhir, Nasir juga berbangga karena mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi telah menjadi kalangan yang dominan dalam kesuksesan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Kemenristekdikti. Program ini sendiri sudah melahirkan 1307 startup berbasis teknologi.

"Iran untuk menjadikan startup seribu perlu sepuluh tahun. Indonesia mencapai 1300 startup hanya dalam masa lima tahun pemerintahan Presiden Jokowi," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sidoarjo, SaifuI Ilah juga menyampaikan agar mahasiswa mencari kemampuan yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yaitu kreativitas.

"Karena kemajuan teknologi informasi bergerak dengan cepat dan mengubah dunia secara modern di berbagai bidang. Kegiatan industri akan dialihkan ke teknologi digital. Hanya kreativitas yang tidak bisa tergantikan oleh mesin. Kreativitas menjadi kunci dari kemandirian," ucapnya.

"Nanti diharapkan akan semakin banyak muncul para wirausahawan wirausahawati muda yang dapat membantu memecahkan masalah sumber daya manusia di masa yang akan datang," ia mengakhiri.

 

Apresiasi Bidikmisi

Menristekdikti, Mohamad Nasir. Liputan6.com/Andina Librianty

Rektor Unusida, Fatkul Anam menambahkan, dirinya mengapresiasi dukungan Kemenristekdikti bagi pengembangan mahasiswa di perguruan tingginya yang baru berumur empat tahun itu. Salah satunya melalui alokasi beasiswa Bidikmisi yang mencapai 300 penerima dari empat angkatan pertama Unusida.

"Harapan kita bersama di masa yang akan datang semoga kuota Bidikmisi untuk mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo ini dapat ditambah lebih banyak lagi. Seiring dengan manfaat yang diperoleh terutama bagi anak-anak kita dari pesantren yang kurang mampu yang mempunyai keinginan luar biasa berkuliah di perguruan tinggi," Fatkul mengatakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edisi 1 Batam Trail Run 5K Naikan Suhu Crossborder Kepri

Posted: 08 Apr 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelaksanaan Batam Trail Run 5K sukses memeriahkan crossborder Kepulauan Riau (Kepri). Edisi pertama lari 5K ini menghadirkan beragam kejutan. Track larinya menantang, hadiah kompetitif, hingga beragam parade seni budaya.
 
Batam Trail Run 5K menjadi destinasi liburan terbaik crossborder Kepri. Digelar Minggu (7/4), start dan finish-nya berada di Sijori Resort & Spa, Sekupang, Batam, Kepri. Edisi perdana ini diikuti oleh 463 orang peserta. Selain paspor domestik, Batam Trail Run 5K ini diikuti oleh pelari Malaysia, Singapura, Kenya, dan Tiongkok. Tiongkok memperkaya warna, sebab baru 3 negara bergabung hingga Jumat (5/4).
 
"Batam Trail Run 5K ini yang pertama digelar. Event ini menjadi prototype bagi penyelenggaraan tahun depan. Perlombaan meriah dan peserta terlihat enjoy. Ada beberapa negara yang bergabung di event pertama menjadi modal sangat bagus," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata, Minggu (7/4).
 
Komposisi peserta terbesar tetap berasal dari Malaysia. Negeri Jiran bergabung dengan 47 pelari, lalu Singapura mengirimkan 35 nama. Kenya diwakili oleh 25 pelarinya dan slot Tiongkok diisi oleh 1 nama. Adapun peserta domestik berjumlah 355 nama. Mereka datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain Kepri, ada peserta dari Sumatera Barat, Jambi, Riau, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Batam Trail Run 5K ini menjanjikan. Event ini bisa berkembang besar. Sebab, ada beberapa negara yang terlibat di dalamnya. Dengan kehadiran media dari Malaysia dan Singapura, branding Batam Trail Run 5K akan cepat naik. Namun, evaluasi menyeluruh harus dilakukan. Agar event tahun depan lebih baik," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani.
 
Atmosfer kemeriahan event ini sudah terlihat sejak pagi. Sebelum ritual opening lomba, peserta terlihat mengular untuk melakukan verifikasi ulang. Mereka juga terlihat berkumpul guna menikmati sajian Tari Persembahan. Tarian ini dibawakan 5 penari putri dari Sanggar Karang Taruna Kota Batam. Para penari lengkap mengenakan busana tradisional.
 
Menjadi representasi Melatu, kostum penari didominasi warna emas dan pink. Mereka ini mengenakan mahkota Kembang Goyang. Ada juga Selempang Kuning hingga Kain Samping biru gemerlap. Suasana semakin meriah dengan rasa modern aksi Cheerleaders SMK 16 Kota Batam. Beragam gerakan akrobat yang ditampilkan pun disambut tepuk tangan dan sorak sorai peserta.
 
"Secara konten, hiburan yang ditampilkan unik dan menarik. Peserta pun semakin bersemangat untuk berlomba. Apalagi, track lomba yang ditawarkan menarik dan sangat menantang," jelas Rizky lagi.
 
Opening ceremony dari Batam Trail Run 5K pun dilengkapi Tari Semenanjung Rindu. Berikutnya, para peserta bersiap melakukan start lomba. Digelar sehari, lomba terbagi jadi 2 kategori. Anak-anak memiliki jarak lomba 2,5 Km adapun dewasa panjang tracknya 5 Km. Track lombanya menantang lantaran membelah Objek Wisata Tebing Langit, Jalan Ir Sutami Patam Lestari, Sekupang.
 
Setelah menikmati jalanan aspal, peserta berlari menyusuri jalanan destinasi Tebing Langit. Mereka pun berlari di antara rimbun pepohonan. Track-nya semakin menantang karena memiliki total 6 tanjakan. Total panjang tanjakan tersebut sekitar 400 Meter. Tebing Langit juga destinasi favorit wisman dengan jumlah sekitar 50 orang di setiap akhir pekannya. Untuk hari normal, wisnusnya 50-70 orang per hari.
 
"Medannya cukup menantang. Yang menarik mereka berlari di dalam hutan. Ini tentu sangat spesial, apalagi konturnya naik turun. Bukan hanya kecepatan, daya tahan juga menjadi kunci utama untuk jadi juara," tegas Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.
 
Usai bertarung, ada 4 nama terbaik dari masing-masing kategori. Slot posisi terbaik kategori dewasa pun diborong semua oleh pelari Kenya. Dengan catatan waktu 14 menit 20 detik, Lel Kipchirchir muncul jadi juara. Runner up-nya Francis Ngigi dengan catatan waktu plus 24 detik. Slot 3 diisi Bernard Kiplangat dengan waktu surplus 61 detik. Samson Kamay di urutan 4 dengan waktu 15 menit 30 detik.
 
"Kehadiran pelari Kenya ini menjadi perhatian. Sebab, mereka sangat cepat. Posisi terbaik 4 besar Batam Trail Run 5K semua dikuasai. Persaingan menarik juga terlihat di kategori anak-anak," papar Dessy.
 
Rivalitas kental juga terjadi di kategori anak-anak. Muncul sebagai yang tercepat Rehandi asal Tanjung Pinang, Kepri, dengan catatan waktu 8 menit 48 detik. Pelari Sumatera Barat M Ferdiansyah pun menjadi runner up dengan waktu terpaut 2 detik lebih lambat. Posisi 3 dikunci Kuhut Ricardo S dengan waktu 8 menit 55 detik. Slot ke-4 pun menjadi milik pelari tuan rumah Batam Michael Orlando.
 
"Setelah event ini, destinasi Tebing Langit pasti akan ramain dikunjungi wisatawan. Sebab, wahana yang dimiliki sangat banyak dan beragam. Ada Karpet Terbang, Kampung Indian, Istana Awan, dan lainnya yang sangat instagramable," kata Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang.
 
Sukses berprestasi, Batam Trail Run 5K menyediakan total hadiah Rp77 Juta. Rincian bagi kelas dewasa, hadiah Rp10 Juta untuk juara, lalu posisi runner up diganjar Rp8 Juta. Posisi 3 mendapat hadiah Rp5 Juta dan urutan 4 dihargai Rp3 Juta. Untuk kategori anak-anak, status juara dihadiahi Rp4 Juta, runner up diganjar Rp3 Juta. Posisi 3 diberi hadiah Rp2 Juta, lalu Rp1 Juta diberikan bagi pelari strip 4.
 
Lebih menarik, pelari terbaik juga mendapatkan voucher SGN500 dari Sijori Resort & Spa. Batam Trail Run 5K juga menyediakan 100 medali. Dari jumlah itu, 70 medali akan dibagikan kepada peserta dewasa lalu sisanya diberikan kepada pelari anak-anak. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menegaskan, Batam Trail Run 5K menarik menjadi agenda rutin tahunan.
 
"Batam Trail Run 5K ini sangat unik dan menarik. Event ini layak menjadi agenda rutin tahunan. Tapi, kemasannya tetap harus ditingkatkan. Penyelenggaraan event tahun ini harus menjadi koreksi. Lebih penting, siapkan berbagai inovasi untuk event tahun depan," tutup Menpar.
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cantiknya Putri-Putri Disney dalam Seni Menata Sashimi

Posted: 08 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sashimi, kuliner Jepang yang mengolah daging ikan mentah menjadi lebih indah di tangan terampil seorang ayah beranak dua yang menggunakan akun Instagram @mikyoui00. Dilansir laman Instagram @nowthisnews, seniman sashimi itu diketahui tinggal di Matsuyama, Jepang.

Ratusan karyanya diunggah melalui akun media sosialnya. Kebanyakan menampilkan karakter perempuan, termasuk sejumlah karakter Disney.

Salah satu yang menarik perhatian adalah tokoh Mulan yang terlihat mengenakan gaun qi pao panjang. Ia memadukan daging ikan salmon, tuna, dan makarel untuk membentuk gaun berumbai karakter perempuan tangguh asal Tiongkok itu.

Sementara pedang panjang Mulan dibuat dari irisan tipis memanjang daging makarel, rambut cepol karakter Disney yang akan tayang dalam live action itu dibentuk dari edible flower. Semua ditata di piring datar berwarna gelap.

Pemilik akun tersebut mengaku belajar membuat sashimi secara otodidak dan menyebut dirinya sebagai amatir. Ia juga menyatakan tak menjual karyanya, melainkan hanya untuk dikonsumsi bersama anak-anaknya.

Rapunzel

Rapunzel jadi inspirasi membuat sashimi seorang ayah di Jepang. (dok. Instagram @mikyoui00/https://www.instagram.com/p/BtISxySnqoz/Dinny Mutiah)

Karya seni sashimi lainnya adalah karakter Rapunzel dalam film Tangled. Tokoh putri yang diculik penyihir demi awet muda itu terlihat seolah nyata lewat irisan daging-daging ikan segar.

Rambut panjang warna keemasan, misalnya, didapatkan dari irisan tipis daging salmon yang dibuat meliuk-liuk. Sementara, gaun Rapunzel berwarna merah pucat disusun dari irisan tipis daging tuna atau disebut warga setempat dengan akami.

Akun @mikyou00 itu juga menambahkan tangan dan kaki dari makarel. Untuk mempercantik, ia mengimbuhkan edible flower di 'rambut' Rapunzel.

Ariel

Ariel, karakter Disney yang dibuat dalam versi sashimi. (dok. Instagram @mikyoui00/https://www.instagram.com/p/Buf9bC-nZ1k/Dinny Mutiah)

Masih terinspirasi dari karakter Disney, ia kali ini menghadirkan karakter Ariel. Putri duyung yang jatuh cinta pada kapten kapal itu dibuat seolah nyata dengan potongan-potongan sashimi.

Rambut Ariel yang bergelombang, contohnya, dibuat dari irisan daging tuna chutoro. Daging tuna yang berwarna pink tersebut disebut berharga lebih mahal dari akami.

Kemudian, badan dan ekor Ariel dibuat dari irisan salmon. Warna oranye cerah membuat karakternya semakin menonjol.

Ia juga tak lupa menambahkan detail wajah dan badan Ariel menggunakan potongan makarel dan sedikit nori. Sebagai pemanis, ia menggunakan edible flower di rambut putri duyung bersuara emas itu.

Jasmine

Jasmine, karakter Disney yang dibuat dalam versi sashimi. (dok. Instagram @mikyoui00/https://www.instagram.com/p/Bu0U3vqHUnO/Dinny Mutiah)

Putri Disney dari jazirah Arab tak terkecuali jadi inspirasi pemilik akun @mikyoui00. Bila biasanya ia menggunakan ikan salmon, kali ini ia sepertinya menggunakan ikan tai atau sea bream

Ia mengirisnya sangat tipis untuk membentuk celana menggembung yang menjadi ciri khas karakter Jasmine. Ia juga menggunakan ikan serupa untuk membentuk rambut.

Bagian badannya dibentuk menggunakan potongan ikan makarel. Sebagai pemanis, ia kembali menggunakan edible flower.

Meski banyak yang memuji keterampilannya, sejumlah akun mengkritiknya dengan alasan kurang ramah lingkungan. Misalnya, pemilik akun Instagram @carlharry_v. Ia menuliskan, "Why are you promoting cruelty and destruction of nature as art? Shamelessly looking for likes? (Kenapa kamu mempromosikan kekerasan dan perusakan alam sebagai art? Hanya semata mencari likes?"

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Himbara Salurkan Bansos Rp 578 Miliar ke Warga Banten

Posted: 08 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Bank Negara atau Himbara, dinilai ikut berperan aktif dalam menyalurkan dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) pada Kementerian Sosial. Hal tersebut terlihat dengan adanya jutaan agen dari seluruh cabang Himbara di Indonesia.

M. Taufik Hidayat Vice Presiden Divisi Social Enterpreneurship Bank Rakyat Indonesia (BRI) mengungkapkan, pihaknya memiliki ratusan ribu agen atau BRI - Link yang tersebar di tiap pelosok Indonesia.

"Agen BRI-Link sekitar 410.000an agen yg tersebar. Mereka bertugas untuk memastikan kelancaran penyaluran bantuan sosial ini, " ujar Taufik.

Taufik tak memungkiri terdapatnya beberapa kendala yang dialami pihak Himbara dalam penyaluran bansos PKH. Sebagai bank berpelat merah ini, BRI melingkup wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) yaitu dengan kondisi topografi dan geografi yang tersebar dan sulit dijangkau oleh KPM.

Upaya yang dilakukan diantaranya Bank Himbara dalam hal ini Bank BRI bersama Kemenkominfo menyediakan jaringan komunikasi di daerah sulit sinyal, disertai optimalisasi jaringan BRISat yg dimiliki BRI. "Sehingga penyaluran bantuan sosial dapat berjalan dengan lancar dan optimal bagi KPM," ungkap Taufik.

Menilik ke belakang, Himbara dalam konteks bantuan sosial hadir sebagai upaya peralihan dari penyaluran bantuan secara tunai menjadi non tunai. Selanjutnya, Himbara mengambil langkah melalui pemanfaatan agen BRI-Link.

Artinya ada sharing profit antara perbankan dan para agen Bank dalam hal ini agen BRILink yg melibatkan masyarakat sehingga dapat memaksimalkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat.

Agen bank sebagai perwujudan Branchless Banking, perbankan dimaksudkan sebagai upaya untuk efektifitas dan memberikan kemudahan kepada KPM utk bisa mengakses fasilitas perbankan yg lebih terjangkau dari domisili KPM.

Bank Plat Merah Lain Ikut Terlibat

Nasabah melakukan transaksi di ATM Bank BTN, Jakarta, Jumat (22/7). Bank BTN siap menampung dana repatriasi dari kebijakan penghapusan pajak (tax amnesty) yang mulai diberlakukan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara, selain BRI ada juga bank berplat merah lain yang ambil andil. Seperti Bank BNI, Bank BTN dan Mandiri. Lewat jaringannya, seluruh bank milik pemerintah itu turut andil dalam menyalurkan bansos milik pemerintah.

Sementara, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Kemensos, Harry Hikmat mengatakan, penyaluran bansos sampai bulan April mencakup 312.875 KPM. Bantuan tahap II Rp 210.398.750.000 dengan total bantuan Rp 578.247.295.000 untuk wilayah Provinsi Banten.

"Sedangkan untuk Kabupaten Tangerang adalah sejumlah 93.924 KPM dengan bantuan tahap II Rp 59.119.700.000 dan total bantuan hingga bulan April Rp 159.789.675.000," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Liverpool: Hazard Sudah Tak Pantas Berseragam Chelsea

Posted: 08 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Jamie Carragher menyebut Eden Hazard tak layak lagi membela Chelsea. Legenda Liverpool itu menilai Hazard seharusnya pindah ke klub yang lebih besar ketimbang The Blues.

Hazard kembali menjadi pahlawan Chelsea awal pekan ini. Dia mencetak dua gol dan membawa Chelsea menang 2-0 atas rival sekota, West Ham.

Kemenangan itu membuat peluang Chelsea mendapat tiket Liga Champions musim depan semakin terbuka. Mereka kini berada di posisi ketiga klasemen dengan 66 poin dari 33 laga.

"Saya pikir Hazard terlalu bagus untuk bermain di Chelsea. Dia seharusnya bermain di Barcelona atau Real Madrid," kata Carrager seperti dilansir Evening Standard.

"Mungkin Chelsea merasa apa yang saya katakan tidak menghormati. Namun faktanya memang demikian, Hazard harus bermain di level yang lebih tinggi."

 

 

Pengalaman

Armada Chelsea merayakan gol pertama yang dicetak oleh Eden Hazard di menit ke-45. pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Vicarage Road, Watford, Rabu (24/12). Pasukan Maurizio Sarri menang 2-1 atas Watford. (AFP/AP)

Carragher tidak sembarangan menyuruh Hazard meninggalkan Chelsea. Ia berkaca pada rekannya di Liverpool dulu, Luis Suarez.

"Saat saya di Liverpool saya tak mau melihat Suarez pindah. Lagipula kalau dia pindah maka harus ke Barcelona atau Real Madrid," kata Carragher.

"Hal inilah yang saya lihat dari Hazard. Pemain terbaik harus bermain di Real Madrid atau Barcelona," katanya menambahkan.

Hasil Liga Inggris

Penyerang Chelsea, Eden Hazard, melakukan selebrasi usai membobol gawang West Ham United pada laga Premier League 2019 di Stadion Stamford Bridge, Selasa (9/4). Chelsea menang 2-0 atas West Ham United. (AP/Alastair Grant)

Hasil Liga Inggris

Southampton 1-3 Liverpool

Bournemouth 1-3 Burnley

Huddersfield 1-4 Leicester

Newcastle 0-1 Crystal Palace

Everton 0-1 Arsenal

Chelsea 2-0 West Ham

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Irma Darmawangsa Belum Terima Cinta Irfan Sbaztian

Posted: 08 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Irma Darmawangsa dan Irfan Sbaztian tengah dekat. Sayangnya kedekatan mereka hanya sebatas hubungan teman. Diakui Irfan Sbaztian, dirinya sempat mengungkapkan cintanya kepada Irma Darmawangsa, namun belum ada jawaban.

"Dia belum menerima saya sampai sekarang. Sudah sering saya tembak, di live mungkin belum-lah ya," ujar Irfan Sbaztian saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, pada Senin (8/4/2019).

Sementara itu, di waktu dan tempat yang sama, Irma Darmawangsa juga mengungkapkan alasannya mengapa hingga kini belum bisa menerima Irfan sebagai kekasihnya. Ia ingin memastikan bahwa Irfan memang benar-benar jujur padanya.

Ingin Temui Mpok Elly

Irma Darmawangsa

Irma mengungkapkan dirinya ingin mengetahui kebenaran dari hubungan Irfan dan Elly. Ia ingin memastikan dari kedua pihak. Irma juga menuturkan bahwa dirinya mencoba untuk menghubungi Elly dan membicarakan masalah ini secara baik-baik.

"Ya mau usaha gimana ya, habis belum apa-apa sudah disindir-sindir. Jadi aku pikir ya gimana kok saya jadi kayak tersangka di sini," imbuh Irma.

Dilarang Irfan

Irma Darmawangsa (Deki Prayoga/bintang.com)

Irma bahkan berusaha bertemu dengan Elly melalui bantuan Irfan. Ia ingin supaya Irfan mengatur pertemuan mereka berdua. Namun Irfan menolak. Ia bahkan melarang Irma untuk berhubungan dengan Elly.

Irfan mengungkapkan hal ini ia lakukan karena ia telah paham dengan sifat Elly. Ia tak ingin Elly mengeluarkan kata-kata yang nantinya dapat menyakiti perasaan Irma.

"Aku juga bilangin enggak usah menghubungi. Karena dia kan dia mulutnya begitu suka nyindir. Takutnya dia disindir sama yang itu sakit hati," ujar Irfan. (Kistin Septiyani/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Apple Kembali Bajak Ahli Kecerdasan Buatan Google

Posted: 08 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan telah merekrut salah satu peneliti top Google di bidang kecerdasan buatan, yakni Ian Goodfellow. Informasi ini diketahui dari laporan CNBCbeberapa waktu lalu.

Dikutip dari The Verge, Senin (8/4/2019), kepindahan Goodfellow dipastikan dari profile LinkedIn miliknya.

Dari informasi tersebut diketahui bahwa Goodfellow kini telah bergabung di Apple sebagai director machine learning di kelompok Special Projects.

Berita di atas, menjadi berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (9/4/2019).

Tak cuma itu, ada dua berita lain yang tak kalah jadi sorotan, seperti rumor penerus iPhone SE, yakni iPhone XE dan kabar Xiaomi yang akan menyetop update MIUI untuk tujuh model Redmi.

Tanpa berpanjang lebar lagi, simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Lagi, Apple Bajak Ahli Kecerdasan Buatan Google

Perlu diketahui, ini bukan pertama kali Apple merekrut petinggi Google dalam kecerdasan buatan.

Tahun lalu, Apple mengumumkan telah merekrut mantan kepala tim pencarian dan kecerdasan buatan Google, John Giannandrea.

Goodfellow sendiri memang bukan nama yang asing di bidang kecerdasan buatan. Selain pernah bergabung dengan Google, dia juga sempat bekerja di laboratorium OpenAI yang didirikan oleh Elon Musk.

Selengkapnya baca di sini

2. iPhone XE Bakal Jadi Suksesor SE

Apple diprediksi akan meluncurkan generasi kedua iPhone SE pada tahun ini. Menurut laporan, suksesor smartphone tersebut akan melenggang dengan nama iPhone XE.

Dilansir Softpedia, Senin (8/4/2019), iPhone XE disebut merupakan versi SE yang sepenuhnya dirombak.

iPhone XE dilaporkan akan memiliki layar lebih besar, 4,8 inci dengan panel OLED dan notch, desain edge-to-edge, dan Face ID.

Selengkapnya baca di sini

3. Xiaomi Setop Update MIUI untuk 7 Model Redmi

Xiaomi dikenal sebagai vendor yang rajin memberikan update software untuk perangkat besutannya. Namun, bukan berarti hal itu dapat berlangsung terus.

Ada kalanya perusahaan asal Tiongkok itu harus menyetop pembaruan ke sejumlah model lawas.

Terbaru, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (8/4/2019), ada tujuh model smartphone Redmi yang dipastikan tidak lagi menerima pembaruan software.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: