Senin, 29 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


6 Jenis Waralaba Minuman yang Laris di Indonesia, Bisa jadi Inspirasi Usaha

Posted: 29 Apr 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Waralaba minuman kerap menjadi pilihan bisnis yang cukup menjanjikan. Di Indonesia, waralaba atau franchising kian menjamur keberadaannya. Waralaba yang tumbuh pesat di Indonesia antara lain seperti waralaba kuliner, retail, atau jasa. Bisnis waralaba dinilai mampu meraup keuntungan besar bagi para pelakunya.

Waralaba di Indonesia saat ini tercatat hampir 2.000 brand dengan 300 di antaranya merupakan brand asing. Tak mau kalah dari waralaba asing, para pelaku waralaba lokal pun makin berkembang. Munculnya waralaba ini membuat banyak orang memutuskan untuk mulai berwirausaha dan membuka lapangan pekerjaan baru.

Selain itu, dengan dukungan teknologi seperti e-commerce yang menawarkan jasa pesan-antar juga memudahkan penggemar kuliner untuk menjangkau apa yang mereka inginkan. Waralaba minuman merupakan salah satu waralaba yang banyak ditemui saat ini. Peluang bisnis waralaba minuman yang besar makin membuat bisnis ini kian diminati.

Mengenal bisnis waralaba

Waralaba minuman (sumber: iStockphoto)

Waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Berdasarkan perundang-undungan di Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Istilah waralaba berasal dari gabungan kata wara yang artinya lebih, dan laba artinya keuntungan. Waralaba dapat dibagi menjadi dua yaitu waralaba luar negeri dan waralaba dalam negeri. Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.

Waralaba dalam negeri juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup peranti awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.

Salah satu jenis waralaba paling sukses adalah waralaba kuliner. Jenis bisnis ini termasuk dalam waralaba minuman dan makanan. Di Indonesia sudah menjamur waralaba minuman baik dari asing maupun lokal. Ada beberapa jenis waralaba minuman yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dilihat dari peminatnya.

Jika Anda sedang ingin memulai bisnis waralaba minuman atau memilih waralaba minuman apa yang cocok untuk diambil, berikut pilihan waralaba minuman yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber,  Selasa (30/4/2019). 

Waralaba minuman teh

Ilustrasi teh (sumber: iStockphoto)

Teh merupakan minuman yang paling digemari semua umur. Peluang ini membuat para pelaku bisnis memanfaatkan teh sebagai bisnis waralaba minuman yang menguntungkan. Teh kemudian dikreasikan dengan ragam variasi rasa yang mampu menarik pembeli.

Bahkan kini bisnis teh sudah merambah pada jenis Thai Tea yang makin hits. Teh asal Thailand ini mulai menjamur keberadaannya dan begitu disukai orang Indonesia.

Waralaba minuman teh sudah banyak ditemui mulai dari di mall, pusat perbelanjaan, pinggir jalan, hingga acara-cara tertentu. Sudah banyak pihak yang menawarkan bisnis waralaba minuman teh ini. Selain modalnya murah, Anda tak perlu memiliki kemampuan khusus untuk dapat membuat teh yang dijual.

Waralaba minuman kopi

ilustrasi/copyright unsplash.com/cyrii-saulnier

Minuman paling populer sepanjang masa lainnya adalah kopi. Salah satu waralaba minuman kopi yang paling terkenal adalah Starbucks. Namun, kini sudah banyak bisnis waralaba kopi lokal yang cukup terjangkau untuk dipilih.

Berbagai kafe, kedai, atau stand merupakan bentuk waralaba kopi yang begitu menjanjikan. Perusahaan kopi di Indonesia juga sudah banyak yang mulai membentuk waralaba minuman ini. Dari skala kecil hingga besar, waralaba kopi adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mulai berbisnis lewat waralaba.

Waralaba minuman bubble

minuman bubble (sumber: iStockphoto)

Bubble tea merupakan minuman kekinian yang masih eksis hingga saat ini. Waralaba minuman ini sudah tersebar di berbagai daerah dengan ragam brand dan variasi produk. Minuman dengan butiran kenyal dari tapioka ini begitu digemari kaum muda. Selain itu banyak dari para waralaba tersebut mengemas minuman ini dengan kemasan yang lucu dan menarik.

Biasanya waralaba ini menjual produknya dari stand yang ditempatkan di pusat keramaian. Ada pula bisnis bubble tea yang mengambil tempat seperti kafe atau kedai. Banyak paket waralaba minuman buble yang ditawarkan dengan modal murah.

Waralaba minuman cokelat

minuman cokelat (sumber: iStockphoto)

Minuman cokelat merupakan minuman yang banyak digemari semua kalangan. Banyak waralaba minuman cokelat yang bisa Anda pilih. Minuman cokelat biasanya disajikan dalam keadaan panas atau dingin bersama es.

Anda dapat memilih waralaba minuman cokelat sederhana dengan mendirikan stand di pusat keramaian. Atau jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa mencoba waralaba yang lebih besar seperti membuka kafe atau kedai.

Waralaba Cappucino Cincau

Cappucino Cincau (sumber: iStockphoto)

Cappucino Cincau menjadi minuman hits dan kekinian selama beberapa tahun terakhir. Cappucino Cincau adalah minuman kopi yang dipadukan dengan serutan cincau yang menyegarkan. Fenomena Cappucino Cincau membuat bisnis waralaba satu ini begitu digencarkan.

Sudah banyak pewaralaba yang menawarkan bisnis Cappucino Cincau ini. Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak pilihan waralaba Cappucino Cincau ini. Pilihlah waralaba yang terpercaya dan sudah terkenal produknya.

Waralaba jus

Aneka Jus Buah / Sumber: iStock

Jus adalah minuman menyehatkan kaya nutrisi. Bahan baku jus juga mudah untuk didapatkan dibanding dengan bahan waralaba minuman lain. Waralaba minuman jus buah sudah banyak dan terkenal memiliki penawaran harga paket kemitraan yang sangat banyak.

Jus juga merupakan minuman yang banyak diminati baik karena kesegaran dan kesehatannya. Konsep waralaba jus ini merupakan bisnis yang tak pernah mati karena minuman jus tak pernah redup eksistensinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Menikah 5 Bulan, Pria di Palembang Tewas Terbunuh di Eks Lokalisasi

Posted: 29 Apr 2019 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Mahligai rumah tangga yang baru dirajut US bersama istrinya selama lima bulan harus kandas dalam waktu singkat. Pria berusia 35 tahun ini ditemukan meninggal dunia di eks lokalisasi di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Warga Jalan Suka Karya, Kelurahan Sukarami, Kecamatan Sukarami Palembang ini ditemukan dalam kondisi sekarat pada Minggu, 28 April 2019 pagi. US ditemukan tergeletak tak berdaya oleh warga di Eks Lokalisasi, di Jalan Teratai Putih, Kecamatan Sukarami, Palembang.

Menurut warga sekitar, Marzuki, korban mengalami pendarahan parah, terutama ada lubang bekas tembakan peluru di bagian lehernya.

"Saya mendengar ada yang teriak minta tolong, saat saya baru bangun tidur. Saya langsung keluar rumah dan melihat korban sudah terkapar bersimbah darah," ujarnya, Senin (29/4/2019).

Korban ditemukan pertama kali sekitar pukul 05.00 WIB. Sebelumnya, US ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk membeli sarapan pagi.

Sebelum pembunuhan terjadi, korban bertemu dengan pelaku CA yang juga warga Kota Palembang. Diduga terjadi keributan antara keduanya, karena korban berniat menagih utang ke pelaku.

Pertengkaran pun terjadi antara US dan CA di lokasi yang juga disebut Kampung Baru itu. Diduga karena emosi tidak mau membayar utangnya, CA langsung menembak korban di bagian leher.

"Kami langsung membawa korban ke Rumah Sakit (RS) Myria Palembang menggunakan sepeda motor. Baru saja sampai di rumah sakit, nyawa US sudah tidak terselamatkan lagi," katanya.

Tenaga medis di RS Myria Palembang akhirnya menyarankan warga untuk membawa korban ke forensik RS Bhayangkara Palembang.

"Yang kami tahu, US baru saja menikah lima bulan lalu," ungkapnya.

Menurut Kapolsek Sukarami Palembang Kompol Rivanda, mereka sudah menurunkan tim identifikasi di TKP serta memeriksa para saksi.

"Berdasarkan keterangan beberapa saksi, pelaku punya utang dengan korban. Tapi saat bertemu, pelaku yang ditagih utang justru marah dan langsung menembak korban," katanya.

 

Peredaran Senpira Ilegal

Polda Sumsel terus memburu pelaku pembunuhan US (Liputan6.com / Nefri Inge)

Pelaku diduga menggunakan senjata api rakitan (senpira) ilegal. Hingga kini polisi terus mencari tahu keberadaan pelaku.

Kapolda Sumsel Kombes Pol Zulkarnain Adinegara membenarkan, bahwa banyak peredaran senpira ilegal di Sumsel, salah satunya digunakan untuk tindak kejahatan kriminal.

"Saya akui di Sumsel masih banyak senpira yang beredar. Saya minta pelaku pembunuhan US segera ditangkap," katanya.

TKP yang dikenal bekas lokasi prostitusi di Palembang ini juga, masuk kategori rawan kriminal. Selain tindak kejahatan, peredaran narkoba juga sangat masif di lokasi ini.

Polda Sumsel pun terus bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumsel, untuk menggelar razia gabungan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah 4 Negara yang Jadi Inspirasi Jokowi Pindahkan Ibu Kota

Posted: 29 Apr 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo tampak serius melaksanakan pemindahan ibu kota di Jakarta. Sejumlah negara pun dijadikan referensi.

Presiden menilai negara-negara tersebut berhasil mengantisipasi perkembangan negaranya. Pemindahan pun berhasil terjadi dan ibu kota baru mereka berfungsi optimal.

"Banyak negara yang telah memikirkan dan mengantisipasi arah perkembangan negara mereka di masa mendatang dengan memindahkan ibu kota negara. Contohnya Malaysia, Korea Selatan, Brasil, Kazakhstan, dan lain-lain," ujar Presiden Jokowi via Instagram resminya, Senin (30/4/2019).

Jokowi menilai Jakarta akan kesulitan menanggung beban pemerintahan, layanan publik, serta bisnis. Maka dari itu, pusat pemerintah akan berpindah ke ibu kota baru di luar Jawa.

Presiden Jokowi meminta pendapat warganet tentang pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro memberikan tiga opsi kepada presiden terkait pemindahan ibu kota.

Opsi pertama adalah ibu kota tetap berada di Jakarta, opsi kedua yakni ibu kota berada di sekitar Jakarta, dan terakhir memindahkan ibu kota ke luar Jawa.

Presiden Jokowi mengatakan tidak akan mengikuti opsi pertama dan kedua. Ibu kota pun akan pindah ke luar Jawa meski belum diungkap lokasi spesifiknya.

Ibu Kota Baru Cocok Pindah ke Kalimantan, Ini Pertimbangannya

Jembatan Kahayan, Palangkaraya, Kalimantan Tengah. (Sumber Foto: yopansudianto/Instagram)

Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan bahwa kota di Kalimantan menjadi lokasi yang cocok jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar menginisiasi rencana pemindahan ibu kota.

Ali menjelaskan ada beberapa alasan yang membuat kota di Kalimantan cocok sebagai lokasi ibu kota baru. 

Indonesia akan memiliki kota pemerintahan dan kota bisnis yang terpisah seperti Amerika Serikat (AS) dan China apabila ibu kota negara jadi berpindah. Namun, ia menyoroti biaya yang harus dikeluarkan jika pemerintah hendak berpindah rumah.

"Jakarta pasti tetap sebagai kota bisnis. Yang harus dipikirkan masalah biaya yang sangat tinggi dan pembentukannya harus terencana dengan baik. Jangan seperti Jonggol yang berhenti di tengah jalan," ungkapnya kepada Liputan6.com, Selasa (30/4/2019). 

Secara perhitungan, ia melanjutkan, Kalimantan menjadi tempat yang cukup realistis untuk ditempati pemerintah di luar Jakarta. Berbagai indikator seperti faktor geografis jadi pertimbangan.

"Kalimantan dari geografis cukup bagus karena ada di tengah-tengah (Indonesia) sekaligus untuk pemerataan di kawasan timur. Kondisinya juga tidak rawan gempa karena tidak dilalui patahan," jelas dia.

Ali pun berpendapat, jika Pemerintah RI benar ingin menggeser ibu kota ke luar Jawa, pembangunan kota mandiri baru atau pengembangan kota kecil bisa jadi pilihan terbaik.

"Kota Mandiri baru, itu lebih bisa terencana dengan baik. Atau minimal kota kecil yang masih memiliki potensi besar untuk dimekarkan," tutur dia.

Namun demikian, ia meragukan realisasi pemindahan ibukota di luar Jawa yang pastinya akan memakan biaya sangat tinggi. Dia beranggapan, pengembangan kota bisnis baru lebih memungkinkan untuk coba diterapkan.

"Kalau pertimbangannya jarak harusnya dulu Jonggol bisa jadi alternatif. Tapi kalau terkait hal lain seperti kondisi gempa dan luas wilayah dan pemerataan pembangunan, harus di luar Jawa," sebutnya.

"Bangun ibu kota mungkin juga bisa lebih dari 5 tahun. Kalau kita bisnis dalam perjalannya semakin baik, maka mungkin saja nanti bisa bertransformasi sebagai ibukota," dia menandaskan. 

Pemindahan Ibu Kota Butuh Biaya Rp 466 Triliun

Warga berjalan-jalan di kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Jumat (19/4). Libur panjang perayaan Paskah 2019 dimanfaatkan warga untuk berwisata di kawasan Monumen Nasional. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Bambang Brodjonegoro mengungkapkan estimasi biaya yang diperlukan untuk pembangunan ibu kota baru seluas 40 ribu hektare di luar Pulau Jawa membutuhkan sekitar Rp 466 triliun.

"Kita mencoba membuat estimasi besarnya pembiayaan tadi di mana skenario satu diperkirakan sekali lagi akan membutuhkan biaya Rp 466 triliun atau USD 33 miliar, " kata Bambang dikutip dari Antara, Senin (29/4/2019).

Luas lahan 40 ribu hektare dibutuhkan jika jumlah penduduk mencapai 1,5 juta jiwa yang terdiri dari seluruh aparatur sipil negara yang bekerja di kementerian dan lembaga, tingkat legislatif dan yudikatif serta pelaku ekonomi dan anggota TNI dan Polri turut migrasi ke ibu kota baru.

"Dengan penduduk 1,5 juta di mana pemerintahan akan membutuhkan 5 persen lahan, ekonomi 15 persen, sirkulasi infrastruktur 20 persen, permukiman 40 persen dan ruang terbuka hijau 20 persen. Diperkirakan dibutuhkan lahan minimal 40 ribu hektare untuk membuat ibu kota baru, itu skenario yang pertama," jelas Bambang.

Sementara untuk skenario kedua dengan keperluan luas lahan yang lebih kecil, yakni 30.000 hektare, dikalkulasi membutuhkan biaya Rp323 triliun atau 23 miliar dolar AS.

Untuk skenario kedua, jumlah orang yang bermigrasi yakni 870.000 jiwa terdiri dari aparatur sipil negara kementerian dan lembaga, tingkat legislatif dan yudikatif, aparat TNI dan Polri, dan pelaku ekonomi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Siap Pasok Avtur untuk Bandara Baru Yogyakarta

Posted: 29 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta siap memasok avtur untuk Bandara Baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Dengan demikian, operasional pesawat di bandara tersebut dapat berjalan secara optimal. General Manager Pertamina Marketing Operation Region IV, Tengku Fernanda mengatakan, saat ini Pertamina sudah mengoperasikan kantor satelit atau kantor pengawas di bandara tersebut.

Ini sambil menunggu pembangunan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yang akan rampung pada Oktober 2020.

Rencananya, fasilitas DPPU tersebut akan dilengkapi dengan empat tangki timbun dengan kapasitas masing-masing sebanyak 1.000 kiloliter (KL) juga fasilitas pengisian avtur Fuel Hydrant System atau melalui dengan sistem bawah tanah sebanyak 44 unit.

"Fuel Hydrant System ini dibangun untuk memenuhi standar operasional distribusi bahan bakar di bandara berskala internasional sehingga tidak perlu lagi mobil tangki hilir mudik dari pesawat satu ke yang lainnya," kata Tengku, di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Tengku mengungkapkan, meskipun saat ini baru berupa kantor satelit, namun pelayanan avtur di NYIA telah dapat disalurkan menggunakan dua unit kendaraan refueller dengan kapasitas masing-masing 16 KL dan 6 tangki modular avtur dengan kapasitas masing-masing 23 KL. Jumlah tersebut terbilang cukup mengingat rata-rata konsumsi di bandara NYIA saat ini kurang lebih 10 KL per hari.

Ia menambahkan, untuk sumber pasokan avtur di bandara NYIA berasal dari Terminal BBM Rewulu, dengan alternatif titik suplai dari Terminal BBM Cilacap. Saat ini, konsumsi avtur untuk pesawat udara di wilayah Provinsi DI Yogyakarta berkisar antara 200 KL per hari.

"Jumlah tersebut berasal dari penyaluran avtur di bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Dengan beroperasinya bandara NYIA, Pertamina memprediksi akan terjadi peningkatan konsumsi avtur sebanyak 5-10 persen atau sebanyak 210-220 KL per harinya. Tentu nantinya jumlah tersebut akan terus naik seiring bertambahnya jumlah penerbangan," paparnya.

Dalam memenuhi kebutuhan avtur di bandara NYIA, pihak Pertamina juga terus berkoordinasi dengan otoritas bandara sebagai salah satu upaya yang maksimal seiring akan dioperasikannya bandara tersebut.

"Secara keseluruhan Pertamina telah siap dan kami memastikan pasokan dan penyaluran avtur di bandara NYIA aman," ujar Tengku.

Peresmian Bandara Baru Yogyakarta Mundur Lagi

Suasana pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (23/4). Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Bandara Baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) yang berlokasi di Kulon Progo batal diresmikan pada 29 April 2019. Sebelumnya, dikabarkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan bandara tersebut dengan melakukan pendaratan menggunakan pesawat kepresidenan pada Senin 29 April 2019.

Manajer Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Awaluddin membenarkan bahwa peresmian bandara baru Yogyakarta batal dilakukan pada Senin besok. "Iya, informasi yang kita dapatkan dibatalkan ya," tuturnya kepada Liputan6.com, Sabtu (27/4/2019). 

Sementara itu, untuk alasan pembatalan peresmian bandara, sampai dengan saat ini dirinya belum mengetahui secara persis. "Untuk pembatalan sendiri, kami belum dapat info lebih lanjut ya," terangnya.

Sebelumnya, peresmian Bandara Baru Yogyakarta juga sempat ditunda. Rencana awal peresmian bandara ini akan dilakukan pada 7 April. Namun kemudian ditunda menjadi akhir april. Dengan penundaan ini artinya peresmian bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I ini sudah mundur dua kali.

 

Cantiknya Masjid Al Akbar di Bandara Internasional Yogyakarta yang Baru

Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (Sumber:Twitter/@Sutopo_PN)

Bandara Baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) sedang dipersiapkan pembukaannya. Menjelang peresmian, penampakan bandara di kawasan Kulon Progo ini telah beredar luas di jagat maya, termasuk Masjid Al Akbar.

Tempat ibadah yang dibangun di atas lahan seluas 760 meter persegi ini memiliki daya tampung hingga 600 jamaah. Berbeda dari kebanyakan masjid, dari luar bangunan ini terlihat berbentuk setengah lingkaran atau dome.

Dari udara, pengunjung bisa melihat masjid ini terlihat seperti bunga terbalik. Terdapat delapan kelopak berbentuk segitiga yang merupakan penyangga atap dengan pola membentuk setengah lingkaran.

Di atas atapnya pun tergambar pola geometri yang sangat cantik. Dominasi warna putih ditimpa pola geometri perpaduan hijau dan biru muda jadi dominasi pemandangan di sini.

Masuk ke dalam masjid, Anda bisa melihat interior minimalis sarat budaya. Ornamen batik kawung khas Yogyakarta mengelilingi dinding dalam masjid yang dibuat jadi ventilasi. Dominasi interior warna putih membuat masjid ini terlihat bersih dan besar.

Plus, masjid ini dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Ruangan dalam masjid akan mendapatkan cahaya alami dari pagi hingga petang lewat ventilasi yang mengelilingi masjid. Pendingin ruangan pun tak ada karena angin bebas masuk ke dalam ruangan.

Di luar masjid di kompleks New Yogyakarta International Airport (NYIA) ini nantinya akan dibuat taman yang bisa dinikmati jamaah maupun pengunjung bandara. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Misteri Lubang Raksasa Sukabumi, Ini Kata BMKG

Posted: 29 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memberikan penjelasan terkait munculnya lubang raksasa di wilayah Sukabumi. BMKG terus melakukan pemantauan untuk mencari penyebab terjadinya lubang raksasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipo Latief ke Kelab Malam Saat Nikita Mirzani Melahirkan?

Posted: 29 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nikita Mirzani telah melahirkan anak ketiga yang berjenis kelamin laki-laki secara caesar pada Minggu (28/4/2019). Nikita melewati persalinan tanpa didampingi oleh ayah dari sang anak, Dipo Latief.

Banyak orang mungkin bertanya-tanya, ke mana Dipo Latief saat Nikita Mirzani melahirkan? Kepada sahabat yang mendampingi Nikita Mirzani melahirkan, Fitri Salhuteru, pengusaha sukses itu sempat menyampaikan kabarnya.

"Dia ada telepon Kak Fitri pagi, tapi enggak keangkat. Akhirnya WhatsApp, dia bilang aku habis itikaf di masjid doain Niki. Gitu versinya dia," ungkap Nikita Mirzani dalam saluran YouTube MOP Channel pada Senin (28/4/2019).

Tapi setelah ditelusuri, Nikita Mirzani meyakini bahwa Dipo Latief tak melakukan itu. Dipo tidak melaksanakan itikaf di masjid seperti pengakuannya kepada Fitri Salhuteru. Hal ini tentu membuat Niki kesal.

Pergi ke Kelab?

Artis sensasional Nikita Mirzani mengungkapkan cewek harus berjiwa matre. Ia melihat ada yang salah saat perempuan  tak melihat keuangan pasangannya. (Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

"Ternyata dia pergi kelabing. Kok orang sebaik Kak Fitri masih dibodoh-bodohi sama dia. Itu sampai ada videonya, sampai ada fotonya dia di kelab," imbuh artis kontroversial tersebut.

Ichsan Akbar yang menjadi pewawancara dalam konten YouTube tersebut, kemudian bertanya kembali mengenai kebenaran Dipo Latief mengaku itikaf jelang Nikita Mirzani melahirkan.

"Di hari yang sama, iya betul. Karena itikaf kan harus satu malam. Ada kok buktinya. Makanya di situ Kak Fitri kayak kecewa, 'Kok sudah tahu Nikita mau ngelahirin, kok sempat berbohong terus sempat ke kelab?' Kak Fitri marah banget," terang Nikita.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Ciptakan Simulasi Suara Bintang di Alam Semesta

Posted: 29 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar seperti apa suara asli bintang yang sesungguhnya? Ya, mungkin belum pernah ada yang dengar.

Objek luar angkasa ini memang cuma bisa memendarkan cahaya terang dari kegelapan. Namun siapa sangka, mereka juga bisa 'bersuara'.

Dilansir Geek pada Selasa (30/4/2019), ilmuwan menciptakan simulasi suara bintang di luar angkasa.

Mereka memanfaatkan teleskop untuk menangkap gema dan getaran--seperti fluktuasi cahaya bintang atau temperatur bintang, dan menyaringnya dalam bentuk suara.

"Selo bisa bersuara nyaring karena bentuknya sudah dirancang sedemikian rupa. Nah, getaran dari bintang-bintang di sana juga bisa bersuara tergantung dari ukuran dan strukturnya," kata ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison, Jacqueline Goldstein.

Jacqueline menamai getaran yang dihasilkan bintang ini dengan julukan "Starquakes".

"Karena bintang meleburkan hidrogen ke elemen yang lebih berat dalam inti mereka, gas plasma panas bergetar dan menyebabkan bintang terus berkedip," jelasnya.

Dari situ, Jacqueline menggunakan software yang ia kembangkan untuk mensimulasikan getaran tersebut ke dalam frekuensi-frekuensi tertentu.

Program GYRE

Ilustrasi sampah di luar angkasa. (Via: space.com)

Dalam hal ini, Jacqueline bekerjasama dengan ilmuwan astronomi Rich Townsend dan Ellen Zweibel mengembangkan program GYRE.

Program ini merupakan program open source dan gratis untuk ilmuwan, agar mereka bisa mengakses dan memodifikasi suara-suara di bintang.

NASA Temukan Bintang Paling Tua dan Dingin di Tata Surya

Ilustrasi cahaya dari bintang KIC 8462852 yang terhalang oleh beberapa benda angkasa luar (NASA)

Terlepas dari teknologi tersebut, astronom sukarelawan NASA baru saja menemukan sebuah bintang di luar angkasa.

Menariknya, bintang jenis White Dwarf (katai putih) ini berbeda dengan bintang-bintang lain yang ada di Tata Surya. Ia diyakini sebagai bintang paling tua dan paling dingin yang pernah hidup.

Dilansir Geek, Senin (25/2/2019), bintang bernama J0207+3331 (J0207, singkatnya) ini ditemukan oleh astronom sukarelawan yang bekerja di bawah proyek NASA Backyard Worlds: Planet 9.

NASA berharap, dengan ditemukannya bintang baru tersebut mereka dapat mempelajari masa depan dari Tata Surya.

"Bintang ini sangat tua, kami lihat dari proses penyerapan material ke dalam bintang ini bisa memakan waktu miliaran tahun," kata astronom John Debes.

"Kini, astronom mencoba menciptakan model cincin dari bintang ini untuk bisa menerka selama apa sistem planet kita berevolusi," tambahnya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iran Diam-Diam Eksekusi Mati Dua Anak Di Bawah Umur

Posted: 29 Apr 2019 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Teheran - Otoritas Iran diam-diam mengeksekusi mati dua anak laki-laki di bawah usia 18 tahun, menurut kelompok HAM Amnesty International. Keduanya dihukum atas tuduhan perkosaan.

Langkah itu dilihat sebagai sebuah hal yang kontroversial, dengan Amnesty International mengutuk Iran "sangat meremehkan hukum internasional dan hak-hak anak."

Lebih lanjut kelompok itu menuding adanya proses "persidangan tidak adil," mengutip Al Jazeera pada Senin (20/4/2019).

Kedua tersangka meregang nyawa di tangan algojo pada Kamis, 25 April 2019, di kota Shiraz di wilayah selatan.

Mereka yang dieksekusi berinisial MS dan AS, ditangkap pada usia 15 tahun pada 2017.

Sejak itu, keduanya telah ditahan di penjara khusus remaja, kemudian dipindahkan ke sel di Distrik Adelabad, Shiraz, sehari sebelum eksekusi.

"Pemerintah Iran sekali lagi membuktikan, dengan memuakkanya mereka membunuh anak-anak, dengan mengabaikan hukum internasional," kata Philip Luther, Direktur Amnesty untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

Ia menambahkan bahwa tampaknya, pemerintah Iran telah mencambuk kedua anak laki-laki itu sebelum mengeksekusi secara rahasia.

Amnesty mengatakan, keluarga mereka didatangi pada Rabu, tetapi tidak diberi tahu tentang hukuman mati.

Amnesty: Iran Algojo Terbesar Setelah China

Ilustrasi eksekusi

Amnesty International mengatakan Iran adalah negara kedua setelah China yang paling sering melakukan hukuman mati. Termasuk pula "algojo" bagi anak-anak.

Antara 1990 dan 2018, Amnesty mencatat adanya eksekusi terhadap 97 tahanan di bawah umur oleh Iran.

Sementara itu menurut laporan tahunan Amnesty yang terbit bulan ini, terdapat tujuh dari 253 orang yang dieksekusi oleh Iran pada tahun lalu.

Selain yang telah dihukum mati, 90 anak lain di Iran tengah berada di ambang hukuman mati.

"Kami telah mengidentifikasi tren di mana pihak berwenang Iran melakukan eksekusi pelaku kejahatan remaja secara rahasia dan tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada keluarga," kata Luther. "Tampaknya dalam upaya yang disengaja untuk menghindari kemarahan global."

Menurutnya, intervensi diplomatik dan publik internasional dibutuhkan untuk menekan Iran agar mengakhiri penggunaan hukuman mati terhadap anak di bawah umur. Tak terkecuali Uni Eropa, salah satu kawasan yang memiliki kerja sama cukup efektif dengan negara itu.

37 Orang Dieksekusi Arab Saudi

Ilustrasi bendera Arab Saudi (AFP Photo)

Eksekusi dua anak di bawah umur oleh Iran tersebut dilakukan setelah adanya kabar hukuman mati  yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi terhadap 37 warganya, sebagian besar merupakan penganut Islam Syiah. Adapun ke-37 orang itu disebut oleh Negeri Minyak terlibat dalam kasus terkait "terorisme".

Seorang pembangkang Saudi Ali al-Ahmed, yang mengelola badan bernama Gulf Institute di Washington mengatakan terdapat 34 penganut Islam Syiah yang dipenggal dalam eksekusi yang berlangsung pada Selasa, 23 April 2019 tersebut. 

"Ini adalah eksekusi terbesar terhadap kelompok Syiah dalam sejarah Saudi," kata Al-Ahmed. Hal itu dikonfirmasi oleh lembaga HAM Amnesty International, mengatakan mayoritas dari yang dipenggal adalah laki-laki Syiah.

Dengan demikian, eksekusi itu diperkirakan akan semakin meningkatkan ketegangan sektarian dan regional antara Arab Saudi dan Iran.

Selain warga syiah, salah satu anggota kelompok ekstrem Sunni juga digantung di sebuah tiang setelah pemenggalan. Negeri Minyak melakukannya "sebagai peringatan bagi yang lain".

Amnesty International juga mengatakan, mereka yang dipenggal dinyatakan bersalah setelah dilangsungkannya proses peradilan. Sayangnya, lembaga itu menyebut adanya metode penyiksaan dalam mencari pengakuan saksi dan terdakwa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Champions: Siaran Langsung Malam Ini

Posted: 29 Apr 2019 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran bergengsi antarklub Eropa Liga Champions sudah memasuki semifinal. Pertama pertama akan digelar malam ini.

Tottenham Hotspur dan Barcelona menjamu lawan masing-masing terlebih dahulu pada semifinal Liga Champions musim ini. Kedua tim mengalami nasib berbeda pada kompetisi domestik akhir pekan lalu.

Tottenham menderita kekalahan dari West Ham United di Liga Inggris. Manajer Mauricio Pochettino pun khawatir hasil negatif itu memengaruhi kinerja anak asuhnya. Terlebih Son Heung-min bakal absen karena akumulasi kartu dengan Harry Kane masih cedera.

Di sisi lain, Ajax Amsterdam, yang akan jadi lawan Tottenham dalam kondisi segar karena Eredivisie ditunda akhir pekan lalu. Penyelenggara kompetisi ingin membantu pasukan Erik ten Hag berjuang di Eropa.

Berikut jadwal Liga Champions , siaran langsung malam ini.

Jadwal Tottenham vs Ajax

Rabu (1/5/2019)

02.00 WIB: Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam

Stadion Tottenham Hotspur

Live RCTI

Jadwal Barcelona vs Liverpool

Kamis (2/5/2019)

02.00 WIB: Liverpool vs Barcelona

Stadion Camp Nou

Live RCTI

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Via Vallen Jaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Posted: 29 Apr 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam setiap aktivitas, Via Vallen selalu berkontribusi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Ia tak mau lingkungan dirusak oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab dan bisa menyebabkan ekosistem terganggu.

"Kita harus peduli dengan lingkungan, cara yang paling kecilnya adalah tidak membuang sampah sembarangan," kata Via Vallen di laman Facebook Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, baru-baru ini.

"Terutama sampah plastik, karena sampah plastik itu mau ratusan tahun juga enggak akan bisa terurai," Via Vallen menambahkan.

Pelantun lagu "Sayang" ini berusaha untuk menyelamatkan lingkungan dengan upaya minimal, tapi memiliki peran maksimal.

 

Dimulai dari Riders

Via Vallen (Bambang E. Ros/bintang.com)

"Kalau Via sendiri, Via akan mengurangi kayak misalnya kalau lagi perform gitu kan ada riders, kalau dari riders itu akan ngajuin mengganti air mineral dengan kemasan plastik menjadi air mineral dengan kemasan beling, kaca gitu," dia menjabarkan.

Via Vallen fokus ke pemberantasan sampah plastik yang hingga kini sulit untuk diatasi. "Jadi untuk sedikit mengurangi plastik-lah paling tidak. Mudah-mudahan bisa jadi racun untuk teman-teman juga untuk memperkecil penggunaan plastik," katanya.

 

Diikuti Perusahaan

PT Bumi Suksesindo (BSI) meraih penghargaan Kategori Perusahaan BUMN atau BUMS Yang berhasil Merebosiasi Lahan Kompensasi dari Kementerian KLHK RI.

Upaya Via Vallen dalam menyelamatkan lingkungan hidup juga diikuti PT Bumi Suksesindo (BSI) sebagai perusahaan penambangan emas di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Mereka berupaya untuk terus menjaga dan mempertahanan ekosistem lingkungan dan biota satwa yang ada di daerah penambangan akhirnya membuahkan hasil dengan raihan penghargaan yang diterima pihak perusahaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Anak perusahaan PT Merdeka Copper Gol Tbk itu meraih penghargaan Kategori Perusahaan BUMN atau BUMS Yang berhasil merebosiasi lahan kompensasi dari Kementerian KLHK RI.

Di mana penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK Ida Bagus Putera Pratama bersama Sekjen LHK Bambang Hendroyono disela-sela Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Reklamasi Hutan dan Rehabilitasi DAS Kementerian LHK di Auditorium Manggala Wana Bakti Kementerian LHK, Jakarta, baru-baru ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelelahan Jadi Petugas Pemilu, Wanita di Lampung Alami Keguguran

Posted: 29 Apr 2019 10:18 PM PDT

Fokus, Lampung - Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tercatat 272 orang meninggal dunia dalam tugas mereka dalam mengawal Pemilu 2019. Ada pula yang mengalami keguguran lantaran diduga kelelahan menjadi panitia pemungutan suara (PPS). 

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (30/4/2019), Mutmainah (27) masih terbaring lemah di ruang perawatan Rumah Sakit Penawar Medika, Tulang Bawang, Lampung.

Mutmainah baru saja mengalami keguguran pada masa kehamilan dua bulan. Setelah bertugas jadi PPS, ia berulang kali masuk ke rumah sakit karena kerap mengalami pendarahan hingga mengalami keguguran. 

Dari data KPU Lampung hingga akhir pekan kemarin mencatat sembilan orang petugas pemilu di Lampung meninggal dunia serta 28 orang lainya sakit.

Sementara, data KPU secara keseluruhan mencatat 272 orang meninggal dunia. Jumlah ini masih mungkin bertambah mengingat proses penghitungan suara belum selesai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jakarta Penuh Beban, Ibu Kota Perlu Pindah

Posted: 29 Apr 2019 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa pemindahan ibu kota bukan tentang simbolis semata, melainkan ada faktor ekonomi. Jakarta dinilai tak bisa memikul fungsi pusat pemerintah, pelayanan publik, dan bisnis.

Wacana pemindahan ini terkait kemajuan ekonomi Indonesia di masa depan. Negara lain seperti Kazakhstan dan Malaysia turut menjadi contoh perpindahan ibu kota.

"Pembahasan ini tidak hanya mempertimbangkan manfaat jangka pendek semata, namun, terutama kebutuhan dan kepentingan negara dalam perjalanan menuju negara maju," ujar Jokowi dalam unggahan di Instagram pribadinya, Selasa (30/4/2019).

 

Presiden Jokowi meminta pendapat warganet tentang pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Presiden Soekarno sebetulnya pernah mewacanakan pemindahan ibu kota Indonesia. Hanya saja terdapat kendala yang menyebabkan hal itu tak bisa terwujudkan.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga sempat mengangkat isu ini. Kini, Presiden Jokowi menyebut dirinya juga mulai mempertimbangkan aspek biaya serta geopolitik.

"Pemindahan ibu kota adalah sebuah proses yang tidak singkat dan berbiaya besar. Di antaranya mengenai pemilihan lokasi yang tepat, pertimbangan aspek geopolitik, geostrategis, serta kesiapan infrastruktur pendukung," ujarnya.

Dalam rapat pemindahan ibu kota pada Senin kemarin, Jokowi belum memberikan lokasi pasti pemindahan ibu kota. Presiden hanya memastikan lokasinya adalah di luar Jawa.

Jokowi Minta Warganet Pilih Lokasi Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi meminta pendapat warganet tentang pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

 Presiden Jokowi meminta tanggapan warganet, kota mana yang bisa dijadikan ibu kota baru, lengkap dengan apa pertimbangannya.

"Menurut Anda, di mana sebaiknya ibu kota negara Indonesia ditempatkan dan apa pertimbangannya?" tanya Jokowi kepada warganet dalam unggahan tersebut. 

Jokowi mengunggah sebuah pemandangan Kota Jakarta dari atas. Jakarta dalam foto tersebut tampak padat. Bersama dengan foto tersebut, Jokowi mengunggah keterangan foto.

Unggahan Presiden Jokowi itupun mendapatkan tanggapan dari warganet.

Sejak sekitar satu jam setelah diunggah, foto itu mendapatkan lebih dari 200 ribu tanda likes dan komentar-komentar dari warganet. 

Di antaranya warganet berkomentar, agar ibu kota tetap ada di Jakarta agar tidak ada kemacetan di Kalimantan.

Ada pula pengguna Instagram yang menyarankan ibu kota dipindahkan ke Batam, Kalimantan, Papua, Solo, hingga Kota Palangka Raya.

Jakarta Tetap Jadi Pusat Bisnis

Hakkasan Alila Hotel SCBD Jakarta (Dok. Hakkasan)

Provinsi DKI Jakarta akan tetap berperan sebagai kota pusat bisnis di tengah rencana pemindahan ibu kota pemerintahan ke kawasan di luar Pulau Jawa.

"Hal-hal yang menyangkut perdagangan, investasi, dan perbankan masih tetap di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip dari Antara, Senin, 27 April 2019.

Menurut Anies, pembangunan di DKI Jakarta yang telah direncanakan akan tetap berjalan. Rencana pemindahan ibu kota pemerintahan, lanjutnya, tidak akan mempengaruhi kebijakan pembangunan DKI Jakarta.

"Karena PR-PR nya, masalah daya dukung lingkungan hidup, ketersediaan air bersih, soal pengelolaan udara, pengelolaan limbah, transportasi masih menjadi PR yang harus diselesaikan," jelas Anies.

Hal senada dikemukakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ia mengatakan proyek pembangunan di DKI Jakarta akan terus berlanjut.

"Tadi kita sampaikan juga, kita sedang ingin membangun Jakarta Rp 571 triliun. Ya itu tetap, karena Jakarta tidak akan ditinggal sepi, akan tetap jadi pusat perdagangan," ujar Basuki.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pergelangan Tangannya Cedera, Pria Ini Menghias Gips-nya Jadi Unik

Posted: 29 Apr 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengalami kecelakaan tentunya bukan sebuah hal yang diinginkan oleh semua orang. Terlebih lagi jika akibat dari kecelakaan tersebut mengakibatkan luka atau berakibat cukup fatal pada tubuh seseorang.

Namun saat mengalami sebuah kecelakaan dan berakibat terluka pada tubuh, seseorang haruslah menerima dengan ikhlas dan selalu berhati-hati agar proses penyembuhan cepat dan tidak terganggu.

Hal ini seperti dialami oleh seorang pria bernama Chris Davies. Ia membagikan kisahnya di laman Boredpanda yang dilansir dari Liputan6.com, Selasa (30/4/2019). Chris mendapatkan sebuah kecelakaan di mana membuat pergelangan tangannya patah.

Sulap Perban Tangannya Menjadi Tangan Thanos

Chris Davies ubah perbannya jadi tangan Thanos (Sumber: Boredpanda)

Namun peristiwa yang dialami Chris tak membuatnya bersedih ataupun mengeluh. Ia justru memiliki ide unik dan kreatif dengan pergelangan tangannya yang sedang dibalut perban.

Idenya berawal dari ia hendak berjalan-jalan keluar rumah. namun ia melihat tangannya yang diperban dengan perban putih polos. Lalu ia berniat untuk menutupi perban gips tersebut. Terbesit ide untuk menghias gipsnya yang mirip dengan tangan Thanos.

Terlebih lagi kini sedang marak film Avengers: Endgame yang membuat ide tersebut dilakukan oleh Chris. Ia memulai membuat gipsnya seperti Thanos' Infinity Gauntlet lengkap dengan hiasan dan berbagai detailnya.

Tahapan Ia Ubah Gipsnya Menjadi Tangan Thanos

1. Membuat motif di atas perbannya

Chris Davies ubah perbannya jadi tangan Thanos (Sumber: Boredpanda)

2. Motifnya diperjelas dengan model timbul

Chris Davies ubah perbannya jadi tangan Thanos (Sumber: Boredpanda)

3. Ditambah dengan detail yang terkesan menyala

Chris Davies ubah perbannya jadi tangan Thanos (Sumber: Boredpanda)

4. Pasang Pernik-pernik khas Thanos

Chris Davies ubah perbannya jadi tangan Thanos (Sumber: Boredpanda)

5. Perban tangannya mirip dengan Thanos Infinity Gauntlet

Chris Davies ubah perbannya jadi tangan Thanos (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah Tersengat Sentimen Regional

Posted: 29 Apr 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini. Pelemahan rupiah ini tersengat sentimen dari regional.

Mengutip Bloomberg, Selasa (30/4/2019), rupiah dibuka di angka 14.204 per dolar AS, tak berbeda jauh jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.208 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah melemah ke 14.229 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.204 per dolar AS hingga 14.235 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,13 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.215 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.188 per dolar AS.

"Pagi ini mata uang kuat Asia yen Jepang dan dolar Hong Kong dibuka melemah terhadap dolar AS, yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah," kata ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih dikutip dari Antara.

Dari eksternal, indeks manufaktur China turun di bawah perkiraan. The Official NBS Manufacturing PMI China pada April 2019 tercatat 50,1, turun dari 50,5 pada Maret 2019, dan di bawah ekspektasi pasar 50,5.

Menurut Lana, turunnya PMI China ini membuat sentimen negatif di pasar modal China yang bisa merembet ke pasar Asia lainnya. Sebelumnya PMI tercatat paling rendah pada Februari 2019 di 49,2, yang merupakan level kontraksi.

"Kemungkinan PMI manufaktur ini akan membaik seiring dengan rencana akan segera ditandatanganinya kesepakatan dagang AS-China," ujar Lana.

Lana memprediksi rupiah hari ini akan bergerak melemah menuju kisaran antara 14.210 per dolar AS hingga 14.230 per dolar AS.

 

Selama April 2019, Rupiah Menguat 1,17 Persen

Teller menunjukkan mata uang dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah berada di zona hijau. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bank Indonesia (BI) mencatat pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mengalami penguatan secara point to point sebesar 1,17 persen hingga 23 April 2019.

"Nilai tukar Rupiah pada 23 April 2019 tercatat menguat 1,17 persen secara point to pointdibandingkan dengan akhir Maret 2019 dan 0,58 persen secara rerata dibandingkan dengan rerata Maret 2019," kata Gubernur BI Perry Warjiyo, di Gedung BI, Jakarta, Kamis (25/4).

Bila dibandingkan dengan level 2018, nilai tukar rupiah juga menguat 2,17 persen secara point to point dan 0,80 persen secara rerata. 

Perkembangan ini tidak terlepas dari perkembangan aliran masuk modal asing yang besar ke pasar keuangan domestik, termasuk aliran masuk ke pasar saham yang berlanjut pada April 2019.

Bank Indonesia, lanjut Perry, memandang nilai tukar rupiah akan stabil dengan mekanisme pasar yang tetap terjaga baik. Hal ini sejalan prospek sektor eksternal yang membaik didorong prospek perekonomian domestik yang tetap positif dan ketidakpastian pasar keuangan yang berkurang.

"Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, Bank Indonesia terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, khususnya di pasar uang dan valas," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Motor Pilihan Presiden RI dari Masa ke Masa Mejeng di IIMS 2019

Posted: 29 Apr 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain menjadi ajang pabrikan otomotif memamerkan produk terbarunya, Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019 juga menjadi ajang memamerkan motor pilihan presiden RI dari masa ke masa.

Bertempat di booth Telkomsel, Tigrehood memajang 3 motor milik Presiden RI ke-2 Soeharto, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden RI ke-7 Joko Widodo.

Dari deretan tersebut tampak bahwa para presiden memiliki selera yang berbeda. Presiden RI ke-2, Soeharto memilih Suzuki Intruder 400.

Motor ini mengusung mesin 399 cc bertenaga 33 Tk. Desainnya tampak kental dengan nuansa cruiser yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh dan memberikan kesan gagah.

Motor Gede SBY

Harley-Davidson Road Glide Screamin Eagle SBY (Otosia.com)

Sementara itu, SBY lebih memilih Harley-Davidson Road Glide Screamin Eagle berwarna orange. Bodinya tampak gambot dengan fairing lampu depan dan dilengkapi boks di bagian belakangnya.

Di antara 3 motor RI-1, tunggangan SBY memiliki kapasitas mesin yang paling besar, 1.808 cc. Presiden ke-6 ini juga sempat beberapa kali mengendarai motornya untuk menghindari kemacetan.

Motor Kustom Jokowi

Kawasaki W175 Custom Jokowi

Berbeda dengan 2 pendahulunya, Joko Widodo justru memilih Kawasaki W175 yang dikustom. Motor bergaya retro ini diubah menjadi bobber dan digarap oleh Katros Garage.

Tak sekadar menjadi koleksi, Presiden Jokowi sempat beberapa kali menunggangi Kawasaki W175 Custom ini saat melakukan kunjungan ke berbagai daerah.

Sumber: Otosia.com

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua Komisi II DPR Sepakat Ibu Kota Pindah dari Jakarta

Posted: 29 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali sepakat dengan rencana Presiden Jokowi memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Alasannya, Jakarta sudah semakin ramai penduduk. 

"Jadi saya mendukung itu karena memang kondisi Jakarta sebagai kota pemerintahan sekaligus sebagai pusat bisnis itu sudah sangat crowded," kata Amali, Selasa (30/4/2019). 

Menurut dia, saat ini Jakarta juga sudah tidak memadai untuk menopang penambahan penduduk. Sehingga, perlu dipisahkan antara kota pemerintahan dan pusat bisnis. 

"Karena memang kondisi Jakarta sebagai ibu kota negara, sebagai pusat bisnis itu sekarang ini sudah tidak memadai, tingkat kemacetan, kebutuhan akan hunian dan sebagainya. Kita belajar dari negara-negara lain yang akhirnya memisahkan antara pusat pemerintahan dan pusat bisnisnya," ungkap dia. 

Politikus Partai Golkar ini menyadari pemindahan ibu kota tidak bisa dilakukan secara instan. Pemindahan Ibukota ini perlu perencanaan yang matang, meliputi lokasi pemindahan, daya dukung lokasi, serta pembangunan infrastruktur untuk menopang Ibukota yang baru. 

"Apa saja yang masih harus disediakan. Kemudian perencanaan secara jangka panjang. Jadi jangan kita hanya sekadar memindahkan, tapi perencanaan tata ruang dan sebagainya tak kita persiapkan untuk puluhan tahun ke depan, jadi saya kira perencanaan-perencanaan itu dan itu ada di Bappenas," ucapnya. 

Jokowi Setuju

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyetujui rencana pemindahan ibukota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Hal itu disampaikan Jokowi saat menanggapi laporan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengenai tiga lokasi alternatif ibu kota baru Indonesia.

Menteri Bambang dalam laporannya menyebut tiga lokasi alternatif tersebut yakni pertama tetap di Jakarta, kedua di sekitar Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Ketiga di luar Pulau Jawa.

"Kalau saya sih alternatif satu dan dua sudah tidak," ucap Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 29 April.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Cukur di Tempat Pangkas Rambut yang Berdiri Sejak 1936

Posted: 29 Apr 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno meluangkan waktu untuk cukur di salah satu tempat pangkas rambut legendaris bernama Ko Tang yang berlokasi di Pasar Glodok, Jakarta Barat, pada Senin, 29 April 2019.

Suami Nur Asia ini mengunggah sederet potret momen tersebut melalui akun Instagram pribadi. Terlihat di sana rambut Sandiaga Uno dipangkas, janggut dicukur, ditambah keramas, hingga foto bareng sang tukang cukur.

Menariknya, tempat pangkas rambut Ko Tang telah berdiri sejak 1936. Meski telah buka selama kurang lebih 83 tahun, tempat legendaris ini masih ramai disambangi pengunjung.

Selain Sandi, tempat pangkas rambut Ko Tang telah disambangi deretan tokoh seperti Joko Widodo, Mantan Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramimantan, dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Tarif pangkas rambut di Ko Tang sendiri sebesar Rp 100 ribu, kecuali para pejabat yang dibanderol dua kali lipat mengingat tempat bakal penuh orang.

"Jangan ngaku anak Jakbar kalau belum cukur di tempat pangkas rambut legendaris Ko Tang. Ko Tang ini sudah ada sejak tahun 1936 dan sampai sekarang masih ramai pengunjung dari berbagai kalangan." tulis Sandi.

Usai cukur, Sandiaga Uno tak lupa menyampaikan dukungan untuk tempat pangkas Ko Tang. "Sukses terus untuk Ko Tang. Usaha anak-anak bangsa harus terus kita support!" tambahnya.

Kelakar Sandiaga Uno

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengisi waktu luangnya dengan potong rambut di Ko Tang. (Merdeka.com)

Sandiaga Uno juga mengunggah video singkat keseruannya menghabiskan waktu pangkas rambut hingga perawatan di tempat pangkas rambut yang telah berjalan selama empat generasi tersebut.

Saat tengah dipangkas, Sandi sempat bertanya soal Blahping alias model rambut belah pinggir. "Blahping ya nih ya?" kata ayah tiga anak tersebut.

Tak ketinggalan, Sandi juga menuliskan ungkapan jenaka lewat kolom komentar unggahan itu. "Kalau di Korea ada BlLACKPINK. Di Indonesia juga ada BlahPing, yakni model rambut Blah Pinggir kaya saya. Saranghae," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intel UEA Terduga Kasus Jamal Khashoggi Bunuh Diri di Penjara Turki

Posted: 29 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Istanbul - Satu dari dua orang yang ditahan di Turki atas tuduhan spionase dikabarkan merenggut nyawanya sendiri di dalam sel tahanan pada Minggu 28 April 2019.

Mendiang diidentifikasi bernama Zaki Hasan dan dituduh sebagai mata-mata untuk Uni Emirat Arab (UEA). Ia ditemukan gantung diri di selnya di penjara Silivri, barat Istanbul.

Kantor kejaksaan Istanbul mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Hasan ditemukan digantung di pintu kamar mandi di selnya oleh penjaga penjara ketika mereka tiba untuk memberinya makanan pada Minggu pagi.

Investigasi telah diluncurkan dan autopsi dilakukan, kata seorang pejabat Turki lain yang anonim.

Zaki Hasan dan satu tersangka lain ditangkap bersama oleh Turki pada 15 April 2019.

Keduanya mengaku kepada otoritas setempat bahwa mereka memata-matai sejumlah figur yang dianggap sebagai pembangkang Arab di luar negeri. Wilayah operasi mereka diduga mencakup kawasan Turki.

Pejabat Turki yang anonim juga mengatakan bahwa mereka turut menyelidiki kemungkinan kaitan dua orang itu dengan pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang tewas di Istanbul demikian seperti dilansir BBC, Selasa (30/4/2019).

Empat hari usai penangkapan, keduanya didakwa atas tuduhan "spionase politik, militer dan internasional" setelah mereka mengaku bertindak atas kepentingan UEA untuk memata-matai pembangkang dan mahasiswa yang mengasingkan diri di luar negeri.

Pada saat penahanan mereka, pejabat Turki mengatakan bahwa salah satu dari dua tersangka telah tiba di Turki hanya beberapa hari setelah pembunuhan Jamal Khashoggi pada 2 Oktober 2018. Tersangka lain tiba kemudian untuk membantu rekannya, tambah pejabat itu.

Keduanya kemudian diidentifikasi oleh TRT Arab, anak badan penyiar negara Turki, sebagai warga Palestina. Dikatakan bahwa Zaki Hasan adalah pensiunan pejabat intelijen senior Palestina berusia 55 tahun.

UEA sejauh ini belum mengomentari kematian Hasan atau penangkapannya.

Sementara itu, Turki belum memastikan apakah Hasan dan satu tersangka lain yang ditangkap benar-benar berkaitan dengan pembunuhan Jamal Khashoggi.

Masih Sebatas Dugaan

Foto Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di Istanbul (AP/Jacquelyn Martin)

Jamal Khashoggi --kritikus terkemuka terhadap pemimpin de facto Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman-- dibunuh oleh agen-agen dari Riyadh di Konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018.

Seorang pelapor khusus PBB mengatakan, Khashoggi adalah "korban pembunuhan brutal dan terencana, yang direncanakan dan dilakukan oleh pejabat negara Arab Saudi", tetapi pemerintah Saudi bersikeras itu adalah "operasi yang berjalan keliru".

Meski Uni Emirat Arab adalah sekutu terdekat Arab Saudi, namun, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa Abu Dhabi terlibat dalam kematian Khashoggi.

Daftar Hitam AS untuk Nama-nama yang Terkait Kasus Jamal Khashoggi

Anggota asosiasi wartawan Turki-Arab memegang poster dengan foto-foto Jamal Khashoggi, saat mereka mengadakan protes di dekat konsulat Arab Saudi di Istanbul pada Senin, 22 Oktober 2018 (AP/Lefteris Pitarakis)

Pada kabar lain, Kementerian Luar Negeri AS merilis nama 16 warga Arab Saudi yang masuk dalam daftar hitam mereka. Ke-16 orang tersebut dianggap terlibat dalam pembunuhan jurnalis di surat kabar The Washington Post, Jamal Khashoggi.

Dikutip dari laman CNBC, Selasa (9/4/2019), pemerintah AS melarang mereka yang masuk dalam daftar hitam untuk menginjakkan kaki di Amerika Serikat.

Dalam sebuah keterangan, sejumlah orang yang masuk daftar itu beberapa di antaranya; Saud al-Qahtani dan Maher Mutreb. Keduanya merupakan orang dekat Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

Sebelum dibunuh, Jamal Khashoggi kritis dalam menyikapi kebijakan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman di kolom-kolom untuk The Washington Post.

Sejak itu, Khashoggi diduga menjadi target pemerintah Saudi. Hingga akhirnya, Jamal Khashoggi datang ke Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

Menurut keterangan dari kekasihnya, Hatice Cengiz, Jamal Khashoggi datang ke konsulat Arab Saudi di Turki guna mengurus dokumen untuk keperluan menikah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tempat Ibadah Yahudi Ditembak Orang Tak Dikenal

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tempat ibadah warga Yahudi atau sinagog ditembak oleh orang tak dikenal. Akibat kejadian ini, seorang wanita tewas dan tiga lainnya terluka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Percakapan Kocak tentang Jurusan Kuliah, Bikin Gagal Paham

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap bertemu kerabat, saudara atau teman lama tentu menjadi momen yang menyenangkan. Terlebih lagi jika sudah cukup lama tak berjumpa. Tentunya ada berbagai pertanyaan yang kerap dilontarkan satu sama lain. Entah tentang kabar hingga yang paling sering ditanyakan, yakni tentang perkuliahan.

Ya, tentunya pertanyaan tersebut sering kalian dengar dari lawan bicara, bukan? Tak sedikit yang kerap merasa kesal lantaran mereka kerap kali salah paham tentang jurusan yang diambil.

Nyatanya hal tersebut juga kerap dialami para warganet lo. Mereka bahkan membagikan pengalaman ketika ditanya "kuliah jurusan apa?"

Dikutip dari berbagai sumber, berikut percakapan kocak tentang jurusan kuliah yang bikin kita senyum kecil membacanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Anak hukum mana suaranya?

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

Anak akuntansi memang pasti pelit ya?

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

Duh, kalau ini sih bukan jurusan kuliah

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

Enggak semua dokter tulisannya jelek kok

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

Badan boleh sehat, tapi hati...

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

Namanya juga anak komunikasi

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

Enggak gini juga kali

jurusan kuliah (foto: IG/@dramatwitter.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diincar MU dan Arsenal, Begini Jawaban Gelandang Leicester

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rencana MU dan Arsenal untuk merekrut Youri Tielemans harus menunggu akhir musim. Pasalnya gelandang Leicester City itu masih fokus membawa timnya memperbaiki posisi di klasemen.

Tielemans menjadi sorotan di Liga Inggris musim ini. Ia mampu menjadi andalan Leicester meski hanya berstatus pinjaman dari AS Monaco.

Sejauh ini pemain asal Belgia itu telah mencetak tiga gol dari 11 laga bersama Leicester. Tak heran klub raksasa seperti MU dan Arsenal pun kepincut meminangnya.

Meski demikian tidak murah untuk mendapatkan Tielemans. Pasalnya, AS Monaco membandrolnya dengan harga 40 juta pound sterling.

Leicester sendiri juga berencana mempertahankan Tielemans. Apalagi sang pemain mengaku betah dengan suasana di sana.

 

 

Komentar Tielemans

4. Youri Tielemans (AS Monaco) - Beruntung bagi Monaco bisa mengalahkan MU untuk mendapatkan gelandang serba bisa asal Belgia ini. Pemain berusia 20 tahun ini diyakini akan mampu berbuat banyak pada musim pertamanya di Ligue 1. (AFP/Franck Fife)

"Saya akan memberikan jawaban yang sama. Tunggu saja akhir musim nanti," kata Tielemans seperti dilansir Manchester Evening News.

"Untuk sekarang saya menikmati bermain di Leicester. Dan masih ada dua laga sisa yang harus dijalani," katanya menambahkan.

"Saya akan tetap memberikan yang terbaik hingga akhir musim nanti. Lalu kita tunggu saja apa yang terjadi selanjutnya," katanya mengakhiri.

Jadwal Liga Champions

Jadwal Liga Champions

Rabu (1/5/2019)

02.00 WIB: Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam

Stadion Tottenham Hotspur

Live RCTI

Kamis (2/5/2019)

02.00 WIB: Liverpool vs Barcelona

Stadion Camp Nou

Live RCTI

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Kualitas, Bappenas Fokus Kembangkan SDM

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan fokuskan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat (Rakorbangpus) 2019.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyatakan, sumber daya manusia merupakan aspek penting dalam perencanaan dan pembangunan nasional.

"Output ekonomi dihasilkan dari 2 hal, yaitu capital (modal) dan labour (sumber daya manusia)," di Gedung Bappenas di Jakarta, Selasa, (30/4/2019).

Rakorbangpus Bappenas kali ini fokus pada peningkatan kualitas SDM, karena menurut Bambang, kualitas SDM mempengaruhi tingkat pengangguran. Semakin berkualitas SDM,  semakin kecil pula angka pengangguran. Dengan begitu, angka kemiskinan akan turun juga.

Angka pengangguran Indonesia sudah turun menjadi 5,34 persen tahun lalu. Meski begitu, masih ada 7 juta angkatan kerja yang harus diusahakan penyerapan kerjanya. Oleh karena itu, berbagai upaya pelatihan dan vokasi pun harus dilakukan.

Selain itu, Bambang menambahkan, arah ekonomi makro 2020 ialah meningkatkan pertumbuhan potensial. Untuk mendukung hal tersebut, SDM yang kompeten tentu diperlukan.

"Kita bertahap harus sudah fokus dengan industri nilai tambah, apakah itu hilirisasi pertambangan, modernisasi pertanian, transformasi sektor jasa dari tradisional ke modern. Untuk mendukung hal itu, kita harus perkuat permintaan domestik, mendorong investasi dan meningkatkan SDM tentunya," ujar dia.

 

Bappenas Gandeng Kanada Tumbuhkan Ekonomi Pedesaan

Petani memanen padi varietas Ciherang di areal persawahan Desa Ciwaru, Sukabumi, Sabtu (23/6). Petani mengeluhkan  harga gabah kering panen saat ini Rp 488 ribu/kwintal dibanding tahun lalu yang menembus Rp 600 ribu/kwintal. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas bersama Pemerintah Kanada melalui Global Affairs Canada (GAC) meluncurkan program Dana Inovasi Responsif atau Responsive Innovation Fund (RIF) Tahap Kedua.

Program ini dirancang sebagai dukungan teknis pembangunan bagi 18 Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) melalui seleksi dari 60 KPPN yang merupakan hinterland dari 39 Pusat Pertumbuhan Peningkatan Keterkaitan Kota-Desa. Kawasan ini merupakan salah satu sasaran pembangunan wilayah pada RPJMN 2015–2019.

Deputi Bidang Pengembangan Regional, Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Soeprihadi Prawiradinata, mengatakan pembangunan kawasan pedesaaan merupakan salah satu sasaran pokok yang mendukung pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru.

Ini dalam rangka mempercepat pembangunan daerah dan mengurangi kesenjangan pembangunan antar-wilayah, yang dilakukan melalui pengembangan ekonomi lokal berbasis produk unggulan masing-masing daerah.

"Pengembangan ekonomi lokal merupakan penopang utama kinerja perekonomian nasional. Selaras dengan tujuan tersebut, pemerintah daerah dipandang mampu melakukan berbagai inovasi pembangunan ekonomi jika ditunjang dengan dukungan teknis dan perangkat yang tepat," ujar dia di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Rino A Sa'danoer selaku Project Director dari program ini menyatakan,‎ kemitraan antara pemerintah Indonesia dan Kanada melalui proyek ini menyediakan dana inovasi responsif sebesar Rp 1 miliar per tahun bagi masing-masing 18 Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) melalui program RIF.

"Kami berharap program RIF ini dapat menstimulasi dan mendorong inovasi pembangunan ekonomi lokal dan meningkatkan iklim investasi melalui pendekatan-pendekatan inovatif untuk pengembangan produk dan sektor ekonomi yang dipilih oleh pemerintah daerah terkait," kata dia.‎

 

Rincian Program RIF

Petani memanen padi varietas Ciherang di areal persawahan Desa Ciwaru, Sukabumi, Sabtu (23/6). Petani mengeluhkan  harga gabah kering panen saat ini Rp 488 ribu/kwintal dibanding tahun lalu yang menembus Rp 600 ribu/kwintal. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Menurut Rino, program RIF Tahap Pertama yang dilaksanakan mulai Maret 2018 hingga April 2019 telah menghasilkan banyak kemajuan. Sekitar 6.105 penerima manfaat program RIF Tahap Pertama meliputi pemerintah, sektor swasta, akademisi, lembaga penelitian, komunitas dan kelompok masyarakat telah mendapatkan pendampingan melalui 209 pelatihan dan dukungan teknis.

Hal ini guna pengembangan kapasitas kelembagaan, pengembangan produk, ekspansi pasar dan penciptaan lapangan kerja yang adil bagi laki-laki dan perempuan.

"Pengembangan ekonomi lokal berbasis produk-produk unggulan daerah baik di sektor Pertanian seperti nira, kopi, salak, kelapa, sagu, jagung, beras organik dan pupuk organik. Sektor kelautan dan perikanan seperti ikan olahan, terasi, kerupuk dan rumput laut. Serta sektor pariwisata dan kerajinan juga telah membuka peluang kerja bagi setidaknya 2.929 orang," ungkap dia.

Enam Kawasan

Ritual di Pura Tanah Lot, Tabanan, Bali. (Yudha Maruta/Liputan6.com)

Enam kawasan/kabupaten yang telah melaksanakan program RIF Tahap Pertama yaitu:

1) Kawasan Nikosake di Kabupaten Tabanan, Bali

2) Kawasan Luwita di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan‎

3) Kawasan Palaga Pulau Tujuh di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku

4) Kawasan Praya di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

5) Kawasan Rasau Raya di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

6) Kawasan Ijen di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Sementara untuk program RIF Tahap Kedua yang dilaksanakan April 2019 hingga April 2020, telah terpilih enam kabupaten yaitu:

1) Kabupaten Manokwari, Papua Barat

2) Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat

3) Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat

4) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

5) Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat

6) Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama Penculikan 7 Bocah di Kendari

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Sebanyak 7 anak di bawah umur hilang secara misterius di Kota Kendari sejak Kamis, 25 April 2019, malam hingga Senin, 29 April 2019. Setelah hilang dari sekolah dan rumah selama beberapa jam, ketujuh bocah itu ditemukan di beberapa lokasi di Kota Kendari.

Saat ditemukan warga dan orangtuanya, semua anak yang berjenis kelamin perempuan ini dalam kondisi lemah. Tidak hanya itu, ketujuhnya diduga sudah mengalami kekerasan seksual oleh pelaku penculikan sebelum ditemukan kembali.

Enam anak korban penculikan ini ditemukan dengan beberapa bercak darah di pakaiannya. Sementara, satu anak diduga tidak sempat mengalami kekerasan seksual.

Laporan hilang dua anak di bawah umur awalnya pada Kamis, di wilayah Kelurahan Kemaraya, Kota Kendari. Beberapa jam setelah itu, keduanya ditemukan di depan Kompleks Kantor Museum Sulawesi Tenggara pada malam hari.

Laporan kehilangan kedua, terjadi pada Jumat (26/4/2019). Awalnya, satu anak dilaporkan hilang dari rumahnya, kemudian menyusul satu laporan lagi soal hilangnya anak secara misterius. Keduanya ditemukan beberapa jam setelahnya.

Laporan ketiga, terjadi pada Minggu (28/4/2019). Satu anak hilang dan beberapa jam kemudian ditemukan warga dan orang tuanya. Laporan keempat, terjadi pada Senin (29/4/2019) sekitar pukul 15.30 Wita, seorang anak perempuan dijemput dari sekolah oleh seseorang yang mengaku pamannya.

 

Pengejaran Penculik

Ilustrasi Foto Penculikan Anak (iStockphoto)

Orangtua korban yang berhasil ditemui, W, mengatakan langsung melaporkan ke Polsek Mandonga Kendari saat tidak menemukan anaknya di sekolah, Senin (29/4/2019). Dia mengatakan, baru sadar jika anaknya hilang saat menjemputnya sekitar pukul 16.00 Wita dari sekolah.

"Saya ketemu tinggal teman-temannya. Mereka bilang, anak saya dijemput orang dengan motor oleh pamannya. Saya langsung pulang dan melapor," ujarnya.

Saat polisi melakukan penyelidikan, anak yang diduga hilang itu ternyata berada sekitar 20 kilometer di wilayah hutan di pinggiran Kota Kendari. Puluhan anggota Polres Kendari yang dipimpin langsung Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaidi dan Kasat Reskrim AKP Diki Kurniawan langsung melakukan pengejaran.

Saat mengejar korban yang dibawa bersama pelaku, polisi sempat berpapasan dengan pelaku yang mengendarai sepeda motor matic. Anggota Polres Kendari kemudian berbalik arah dan mengejar pelaku yang membawa korbannya. Namun, saat akan dilakukan tindakan di tempat, polisi tak berani sebab pelaku ternyata membonceng korban.

"Pelaku menjadikan korban tameng, sambil terus melarikan sepeda motornya dengan kencang. Saat sudah terdesak, pelaku langsung mengerem tiba-tiba dan membanting sepeda motor sehingga dia dan anak itu jatuh di semak belukar di samping jalan," ujar Kapolres Kendari, AKBP Jemi Junaidi, Senin (29/4/2019).

Polisi yang mengendarai mobil langsung mengejar pelaku. Namun, pelaku melepas korban dan motor yang dikendarainya kemudian lari menghilang ke dalam hutan di pinggir jalan raya.

"Kita tolong anaknya dulu yang kesakitan karena jatuh. Saat itu, pelaku langsung hilang ke dalam hutan karena memang lokasi itu wilayah hutan di pinggir Kota Kendari yang memang masih lebat," dia menambahkan.

Setelah beberapa jam usai kejadian, terungkap jika motor matic yang digunakan pelaku adalah motor curian. Di dalam bagasi motor ditemukan selembar celana jeans dan tali pinggang diduga milik pelaku yang disimpan dalam kantong.

 

Pelaku Diduga Oknum Anggota TNI

Ilustrasi tentara Arab Saudi (AFP)

Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku diduga merupakan salah seorang oknum anggota TNI yang bertugas di Yonif 725 Woroagi, Sulawesi Tenggara. Pelaku berinisial PAP. Informasi ini dikonfirmasi Komandan Kodim 1417 Kendari Letkol Fajar Luvti Haris Wijaya, Senin (29/4/2019).

"Dia desertir Yonif 725 Woroagi, dia sudah keluar, desersi sejak setahun yang lalu. Dia sudah tidak tercatat sebagai prajurit TNI," ujar Fajar Luvti Haris Wijaya.

Fajar Luvti menambahkan, dia masuk sebagai anggota TNI sejak 2015 di Yonif 725 Woroagi. Sudah berkali-kali desersi dari tugas, dia menambahkan pelaku sudah tidak masuk (in absentia) di Yonif 725 sejak setahun.

"Soal kapan upacara dan sidang pemecatannya, kami belum tahu. Namun, nanti dicek ya di 725 (kesatuannya)," ujarnya.

PAP lahir di Desa Romean Kecamatan Yaru Kabupaten Maluku Tenggara, pada 21 Januari 1994. Dia sudah ditetapkan sebagai DPO pada 13 September 2018 oleh kesatuannya.

"Kami dan polisi cari pelaku yang saat ini lari di wilayah Hutan Nanga-nanga Kendari. Seperti teman teman tahu, dia lari ke arah hutan dan sampai saat ini belum ditemukan," ujar Dandim Kendari.

Informasi yang beredar, pelaku juga pernah melakukan kekerasan seksual pada seorang wanita pada 2016 dan sudah ditindak tegas kesatuannya. Namun, belum ada yang bisa dikonfirmasi soal informasi ini.

 

Pelaku Lolos

Kasat Reskrim Polres Kendari AKP Diki Kurniawan memeluk korban penculikan usai dijatuhkan oleh pelaku dari atas kendaraan bermotor, Senin (29/4/2019) sore. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Saat melakukan pengejaran terhadap pelaku pada Senin (29/4/2019), puluhan anggota Polisi dan TNI yang menyisir lokasi menggunakan bantuan 2 ekor anjing pelacak. Pencarian dimulai pukul 19.00 Wita hingga menjelang pukul 00.00 Wita.

Polisi berbekal celana dan ikat pinggang milik pelaku yang disimpan di dalam bagasi motor. Kedua ekor anjing ini kemudian dituntun mengikuti jejak pelaku hingga sekitar satu kilometer lebih di wilayah perbukitan di dalam hutan.

Sekitar beberapa jam membantu pencarian, kedua ekor anjing ini belum berhasil mengelus keberadaan pelaku. Diduga, pelaku bersembunyi dan menghilang di dalam hutan di wilayah itu.

Polisi yang mengikuti hingga ke wilayah perbukitan tidak berhasil menemukan pelaku. Namun, terungkap jika korban yang hilang pada Senin (29/4/2019) sempat dibawa di lokasi hutan sebelum berpapasan dengan anggota polisi.

"Kami masih melakukan pencarian. Kami upayakan maksimal, hanya medan yang diduga sebagai tempat pelaku melarikan diri agak sukar karena wilayah hutan lebat," ujar Kasat Reskrim Polres Kendari AKP Diki Kurniawan.

Sejak diketahui identitasnya, wajah dan foto pelaku sudah beredar di media sosial. Namun, beberapa warganet ikut mengunggah video dan foto korban diduga pernah diculik dan mengalami kekerasan oleh pelaku.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikita Mirzani Tak Izinkan Dipo Latief Temui Anaknya

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengandung selama sembilan bulan, anak ketiga Nikita Mirzani lahir dengan selamat pada Minggu (28/4/2019). Ia melahirkan didampingi oleh sahabatnya, Fitri Salhuteru.

Dalam saluran YouTube MOP Channel, yang dipandu oleh Ichsan Akbar, Nikita Mirzani pun menceritakan proses persalinannya. Di tengah perbincangan, Ichsan bertanya, apakah Nikita mengizinkan Dipo Latief menemui sang anak.

"Penginnya setelah lahiran ini jangan ganggu Niki sama anak Niki. Enggak. Niki sudah tutup pintu semua," kata Nikita Mirzani dalam video yang diunggah pada Senin (29/4/2019) tersebut.

Yang Nikita Mirzani inginkan, perhatian dari Dipo Latief sudah dicurahkan sejak masa kehamilan, bukan hanya setelah melahirkan. Namun keinginan itu hanya berujung angan.

Seperti diketahui, artis yang sempat berhijab ini memang melalui kehamilan seorang diri. Sebab di saat bersamaan, kasus cerainya dengan Dipo Latief sedang bergulir, dan hubungan keduanya tak harmonis.

Kenapa Baru Sekarang?

Nikita Mirzani (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Maksudnya kalau mau care kenapa enggak dari dulu. Niki ke rumah sakit, ke rumah sakit sendiri, bayar juga ini rumah sakit pure uang Niki," ucap artis seksi tersebut.

Dipo Ingin Datang

(Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

Sementara itu, Dipo Latief sendiri sudah menyimpan niat untuk menjenguk anaknya. Hal ini diutarakan oleh sahabat Nikita, Uya Kuya dalam sebuah kesempatan.

"Tadi kan teleponan sama Niki, Dipo sudah menelepon dan mau datang katanya," ujar Uya Kuya ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (29/4/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Ungkap Alasan Cabut Aplikasi yang Memonitor Screen Time

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple sempat dikritik karena mencabut sejumlah aplikasi parental control dari toko aplikasinya, App Store.

Aplikasi ini, memang berfungsi membantu orang tua untuk memonitor screen time alias jumlah berapa banyak waktu anak yang dihabiskan saat memegang iPhone.

Karena kritikan semakin banyak, Apple pun buka suara dan menyatakan alasan mengapa mereka mencabut aplikasi-aplikasi tersebut.

Dilansir Geek pada Selasa (30/4/2019), alasan Apple menghapus aplikasi-aplikasi ini tak lain karena aplikasi tersebut berisiko terhadap keamanan dan privasi penggunanya.

"Kami selalu percaya kalau orang tua memiliki alat khusus untuk mengatur pemakaian perangkat anak-anaknya. Namun, beberapa alat ini malah berpotensi mengekspos riwayat browsing pengguna, lokasi, dan akun email ke pihak ketiga," ujar perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) ini.

"Dari tahun lalu, kami sadar kalau beberapa aplikasi parental control menggunakan teknologi canggih bernama Mobile Device Management atau MDM," jelas Apple.

"MDM memberikan kontrol pihak ketiga dan akses kepada perangkat dan informasi sensitif seperti lokasi, penggunaan aplikasi, akun email, izin pemakaian kamera, dan riwayat browsing," lanjutnya.

MDM Melanggar Kebijakan

Tim Cook, CEO Apple. Foto: Business Insider

Pada awal 2017, Apple sendiri sempat mengecek pemakaian MDM bagi pengembang non-enterprise. Tak lama setelahnya, perusahaan memperbarui guideline berdasarkan dari update yang mereka terima.

Apple berpendapat, meski MDM memiliki pemakaian yang sah--seperti kontrol lebih baik pada perangkat dan data hak milik--ternyata MDM masih tetap berisiko dan tetap melanggar kebijakan App Store dalam hal privasi pengguna.

Saat Apple tahu dengan pelanggaran guideline tersebut, mereka langsung mengumumkan kepada para pengembang aplikasi dan memberikan waktu 30 hari untuk segera mengirim update baru aplikasi agar tidak dicabut dari App Store.

Beberapa pengembang merilis update untuk memastikan aplikasi mereka mengikuti kebijakan yang sudah ditentukan. Namun sisanya dicabut karena tidak mengikuti ketentuan.

App Store Diklaim Aman

Apple Store

"Kami menciptakan App Store untuk menyediakan toko aplikasi yang aman, di mana pengembang dan entrepreneur bisa membawa ide ke pengguna seluruh dunia, dan pengguna bisa memakai aplikasi dengan aman mengikuti standar dan tanggung jawab perusahaan," tutur Apple.

"Kami berkomitmen untuk menyediakan tempat bagi aplikasi-aplikasi ini agar mereka juga bisa improve bagi pengalaman pengguna untuk semuanya," tutup perusahaan.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syarat Mutlak Anak Boleh Menerima Susu Tambahan Selain ASI

Posted: 29 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para ibu dengan bayi yang baru lahir, air susu ibu (ASI) jelas sangat penting diberikan bagi sang buah hati. Namun ada kondisi yang terkadang membuat anak kurang mendapatkan asupan ASI.

Asih Setiarini, ahli gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia mengatakan bahwa jika masalah ini dialami, ibu boleh memberikan susu tambahan untuk pendamping ASI. Tentunya, sesuai dengan memperhatikan usia dan ketentuan dari susu itu sendiri.

"Tidak apa-apa sebenarnya ditambah. Tetapi harus sesuai peruntukannya. Kalau sudah lebih dari satu tahun, ya diberikan untuk yang lebih dari satu tahun," kata Asih ditemui Health Liputan6.com di Jakarta pada Senin (29/4/2019).

Asih mengatakan, idealnya, dalam satu kali menyusui membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit. Hal ini karena lemak, sebagai sumber energi dari ASI biasanya akan keluar dalam durasi tersebut.

 

 

Durasi Ideal Menyusui

Ilustrasi ASI (sumber: iStockphoto)

Yang menjadi masalah, durasi menyusui para ibu biasanya hanya sekitar 5 menit. Hal ini bisa membuat bayi tidak mendapatkan nutrisi dari ASI secara tepat, bahkan bisa membuatnya kekurangan.

"(Setiap payudara) 15-15. Jadi kalau menyusuinya hanya 5 menit, anak tidak dapat sumber energinya," kata Asih menambahkan. Selain itu, jangan lupa juga untuk menambahkan makanan pendamping ASI (MPASI) agar gizi anak tetap tercukupi di awal-awal kehidupan.

Asih sendiri mengatakan bahwa pemenuhan gizi anak secara lengkap sangat penting dalam dua tahun pertama kehidupan. Apabila ini tidak terpenuhi, masalah stunting bisa mengancam dan mempengaruhi kehidupan anak di masa depan.

 

Susu Penting Bagi Anak

Salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah pemberian protein hewani dari susu. Di samping gizi seimbang, susu bagi anak penting bagi masa pertumbuhannya.

"Setelah masa menyusui, orangtua dianjurkan untuk terus memenuhi gizi anak melalui konsumsi makanan bergizi seimbang," kata Asih dalam peluncuran susu bubuk pertumbuhan Susu Bendera Frisian Flag dan Gerakan Ibu #SekarangSemuaBisa.

Asih menemukan, masih banyak anak yang kurang mendapatkan protein hewani karena hanya terfokus dari daging saja. Padahal, susu sebagai pelengkap makanan lebih penting ketimbang daging.

"Salah satu alternatif cara untuk memenuhinya adalah dengan menyediakan susu bubuk pertumbuhan yang memiliki manfaat gizi yang dibutuhkan oleh anak." Selain itu, ikan juga bisa menjadi sumber protein hewani yang baik.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dirut PT Samantaka Batubara Dipanggil KPK Jadi Saksi Kasus Sofyan Basir

Posted: 29 Apr 2019 09:59 PM PDT

Dirut PT. Samantaka Batubara AM Rudi Herlambang (kanan) tiba memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (30/4/2019). AM Rudi diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT. Samantaka Batubara AM Rudi Herlambang (kanan) tiba memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (30/4/2019). AM Rudi diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT. Samantaka Batubara AM Rudi Herlambang (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). AM Rudi diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT. Samantaka Batubara AM Rudi Herlambang (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). AM Rudi diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT. Samantaka Batubara AM Rudi Herlambang (batik abu-abu) memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (30/4/2019). AM Rudi diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Dirut PT. Samantaka Batubara AM Rudi Herlambang (batik abu-abu) memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (30/4/2019). AM Rudi diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pertama Operasi Keselamatan, Hampir 5 Ribu Kendaraan Langgar Aturan

Posted: 29 Apr 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat ada ribuan kendaraan yang melanggar lalu lintas pada hari pertama Operasi Keselamatan 2019. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan setelah dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono saat pimpinan apel di Polda Metro Jaya, Senin, 29 April 2019 kemarin.

"Hasil giat Operasi Keselamatan Jaya 2019, kita Ditlantas Polda Metro Jaya mencatat pada hari pertama atau Senin 29 April 2019 kemarin, mencapai 4.907 kendaraan yang berperkara. Sebanyak 965 ditilang dan 3.942 hanya diberi teguran," kata Direktur Lalu Lintas Kombes Yusuf melalui siaran pers, di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Yusuf mengatakan, ribuan kendaraan itu dari roda dua dan roda empat. Di mana roda dua ditemukan berbagai pelanggaran mulai dari tak memakai helm SNI hingga bermain handphone saat berkendara.

Rinciannya, pengendara yang tidak menggunakan helm sebanyak 126 perkara. Kemudian, pengendara yang melawan arus sebanyak 157, membonceng lebih dari satu orang sebanyak 7 perkara. Lalu melanggar lampu lalu lintas sebanyak 31 perkara, tidak menyalakan lampu utama sebanyak 79 perkara. Kemudian melanggar rambu larang parkir dan berhenti sebanyak 143 perkara dan pengendara tidak memiliki surat-surat yang lengkap sebanyak 95 perkara.

"Jadi, total sepeda motor yang melanggar sebanyak 638," sambung Yusuf. 

Pelanggaran Roda 4

Sementara itu, lanjut Yusuf, pelanggaran bagi kendaraan roda empat tercatat sebanyak 213 perkara. Pelanggaran mulai tak memakai safety belt dan juga surat kendaraan.

Kemudian, menggunakan handphone saat berkendara sebanyak 10 perkara, tidak menggunakan safety belt sebanyak 25 perkara, melanggar muatan atau over loading sebanyak 20 Perkara.

Lalu, melanggar lampu lalu lintas sebanyak 12 perkara, melanggar rambu dilarang parkir dan berhenti sebanyak 41 perkara, melanggar garis stop sebanyak 87 perkara dan tidak memiliki kelengkapan surat-surat sebanyak 18 perkara.

"Total kendaraan yang ditilang 965. Sepeda motor 638 unit, mobil penumpang 266 unit, bus 19 unit, mobil barang 42 unit," pungkas Yusuf.

 

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minta Dus Popok Bayi Dihilangkan, 7 Editan Foto Ini Malah Bikin Ngakak

Posted: 29 Apr 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernah tidak kamu ketika sedang foto mendapatkan hasil yang sempurna tetapi ada bagian yang terasa mengganggu? Contohnya seperti seseorang, benda atau pun hal lainnya yang membuat foto tersebut jadi kurang sedap untuk dipandang. Tentu saja, tangan kamu akan terasa gatal untuk segara mengeditnya. 

Seperti seseorang dengan akun Twitter  @etnafst, karena hasil fotonya yang kurang memuaskan, ia meminta warganet twitter untuk menghilangkan dus popok bayi dan helm agar fotonya lebih ciamik."Twitter, please do your magic.. Akutu sebel sama foto ini karena yakali ada dus popok bayi dan helm. Tolong ilangin plissss ☹️☹️☹️ Yha!" tuturnya pada Senin, 29 April 2019 

Netizen pun dengan sukarela mengedit foto wanita berambut sebahu tersebut, memang diedit sih sama warganet, tapi editannya enggak ada yang bener. Nyeleneh semua. Nah, penasaran kan gimana hasil editan foto ala netizen? Berikut deretan editan foto ala Netizen yang bikin kamu senyum sendiri, seperti dirangkum Liputan6.com dari akun twitter @etnafst, Selasa (30/4/2019).

1. Biar makin rame fotonya~

Editan Kocak (sumber: Twitter/@howtodressvvell)

2. Ternyata alumni JKT48 generasi pertama nih

Editan Kocak (sumber: Twitter/ @_futarisaison)

3. Manggil tukang buat ngangkat dus, bentar dulu ya mbak

Editan Kocak (sumber: Twitter/@fiksynesia)

4. Singasana Game of Thrones dibawa-bawa

Editan Kocak (sumber: Twitter/@adjisunandang)

5. Bandar popok!

Editan Kocak (sumber: Twitter/ @freemahimahi_ )

6. Anggota baru Blackpink nih

Editan Kocak (sumber: Twitter/@andreli_2)

7. Yah si mbaknya malah yang hilang!

Editan Kocak (sumber: Twitter/@agungbdantoro)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suasana Kota Paris Tempo Dulu

Posted: 29 Apr 2019 09:51 PM PDT

Layanan bagasi dipenuhi dengan sepeda dan koper di Stasiun Kereta Api Austerlitz, Paris, Prancis, 1 Agustus 1948. (INTERCONTINENTALE/AFP)

Layanan bagasi dipenuhi dengan sepeda dan koper di Stasiun Kereta Api Austerlitz, Paris, Prancis, 1 Agustus 1948. (INTERCONTINENTALE/AFP)

Anak-anak muda menikmati musim semi di dekat Menara Eiffel, Paris, Prancis, April 1947. (AFP)

Anak-anak muda menikmati musim semi di dekat Menara Eiffel, Paris, Prancis, April 1947. (AFP)

Seorang wanita melukis Katedral Notre-Dame di tepi Sungai Seine, dekat Ile de la Cité, Paris, Prancis, 23 Maret 1947. (AFP)

Seorang wanita melukis Katedral Notre-Dame di tepi Sungai Seine, dekat Ile de la Cité, Paris, Prancis, 23 Maret 1947. (AFP)

Warga membaca-baca buku bekas di tepi Sungai Seine, Paris, Prancis, 23 September 1938. (AFP)

Warga membaca-baca buku bekas di tepi Sungai Seine, Paris, Prancis, 23 September 1938. (AFP)

Warga menikmati kolam renang 'Deligny' selama gelombang panas di Paris, Prancis, 16 Juni 1957. (AFP)

Warga menikmati kolam renang 'Deligny' selama gelombang panas di Paris, Prancis, 16 Juni 1957. (AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Basuki: Transaksi Tol Tanpa Henti Tunggu Kesiapan Operator

Posted: 29 Apr 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah masih menunggu kesiapan dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait rencana penerapan sistem pembayaran biaya jalan tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Terkait MLFF, kita perlu waktu untuk menentukan teknologi yang tepat serta menunggu kesiapan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dapat ditetapkan akhir 2019," ungkap dia dalam sebuah keterangan tertulis, Selasa (30/4/2019).

Lebih lanjut, ia menyatakan, penerapan MLFF beserta penambahan pintu keluar tol dan peningkatan layanan rest area merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan tol.

"Kita menyakini ini merupakan suatu kebutuhan bagi peningkatan pelayanan jalan tol kepada masyarakat. Hal ini merupakan salah satu yang saya tunggu dari hasil rapat koordinasi yang diselenggarakan ATI (Asosiasi Jalan Tol Indonesia)," tuturnya.

Secara target, ia menyebutkan, total panjang jalan tol baru yang akan dioperasikan hingga akhir 2019 yakni sepanjang 1.852 Km. Adapun pada kurun 2015-2019, jalan tol yang telah dioperasikan sepanjang 949 Km.

Pembangunan jaringan jalan tol di Indonesia terus dilanjutkan, terlebih permintaan pada ruas tol yang merupakan prakarsa badan usaha (unsolicited project) dengan pembiayaan investasi terus bertambah.

Beberapa ruas tol yang akan dimulai pembangunannya dalam waktu dekat dan tahun-tahun berikutnya yakni Jalan Tol Semarang-Demak yang sudah proses lelang dan tinggal menetapkan pemenangnya, Jalan Tol Jogja-Solo sudah ditentukan trasenya tinggal menentukan penetapan lokasinya dan akan dilelang, Tol Cigatas (Cileunyi-Garut- Tasikmalaya) dan Probolinggo-Banyuwangi juga akan dimulai tahun ini.

Ada Ditjen Baru?

Suasana Rest Area 538 tol Sragen-Ngawi di kilometer 538 jalan tol Solo-Ngawi, Jawa Tengah, Rabu (28/11). Tampak beberapa makanan khas daerah setempat atau makanan tradisional yang disajikan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, ruas tol di Sumatera yang akan dimulai konstruksinya tahun ini antara lain ruas tol Bengkulu-Lubuk Linggau-Muara Enim-Sp. Indralaya, Padang-Sicincin-Pekanbaru dan Tebing Tinggi-Parapat.

Dikatakan Menteri Basuki, untuk terus mendukung pembangunan jalan tol baru ke depan, Kementerian PUPR telah membuat satu Direktorat Jenderal (Ditjen) baru yakni Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum yang khusus menangani pengembangan penerapan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Untuk itu perlu disesuaikan lagi Permen PU Nomor 06/PRT/M/2018 tentang wewenang dan tugas Ditjen Bina Marga, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), dan Badan Usaha Jalan Tol dalam penyelenggaraan jalan tol. BPJT dan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur PU akan berfokus pada bidang pembiayaan jalan tol. Sedangkan untuk teknisnya seperti pengawasan kualitas bangunan, dan sistem jaringan jalan tetap berada di Ditjen Bina Marga," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Tottenham Hotspur: Ajax Tak Pernah Takut

Posted: 29 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Tottenham Hotspur akan menjamu Ajax Amsterdam di Tottenham Hotspur Stadium, London, Selasa (30/4/2019) atau Rabu dini hari WIB pada leg pertama semifinal Liga Champions. Laga ini sangat emosional bagi bek Spurs, Jan Vertonghen.

Vertonghen merupakan pemain jebolan Ajax Amsterdam. Bahkan, dia memulai kariernya sebagai pesepak bola profesional bersama Ajax pada 2006.

Selama enam musim bersama Ajax membuat Vertonghen mengetahui filosofi permainan tim asal Belanda tersebut. Karena hal itu, dia pun meminta Tottenham Hotspur membuka mata selama 90 menit permainan.

"Mereja (Ajax) mempersiapkan semua anak-anak untuk berada di level tertinggi. Saat para pemainnya berusia 18 atau 19 tahun, mereka sudah siap, malah terkadang di usia 17," kata Vertonghen, dikutip dari Goal.

"Pemain Ajax itu sangat lapar, tidak pernah kenal takut, dan selalu siap. Mereka merasakan dukungan dari akademi dan mereka sangat percaya pada kualitasnya sendiri," ucap bek Tottenham Hotspur asal Belgia itu.

 

Selangkah Lebih Unggul

Selebrasi gol pertama Ajax Amsterdam pada laga leg kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (6/3). Real Madrid kalah 1-4 kontra Ajax. (AFP/Gabriel Bouys)

Vertonghen juga menyebut Ajax selangkah lebih unggul dari kontestan di babak semifinal Liga Champions. Buktinya, Ajax mampu menyingkirkan Real Madrid dan Juventus di Liga Champions.

"Ajax bermain di level yang sulit dipercaya. Anda tidak mengharapkan tim selain negara besar melakukan itu. Mereka telah menunjukkan caranya," ujarnya.

"Mereka selalu selangkah di depan orang lain. Saya senang melihat perjuangan mereka terbayar," kata bek berusia 32 tahun itu menegaskan. 

Jadwal Semifinal Liga Champions

Rabu (1/5/2019)

02.00 WIB: Tottenham Hotspur vs Ajax Amsterdam

Stadion Tottenham Hotspur

Live RCTI

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Makanan yang Mengandung Zat Besi, Mudah Didapat dan Baik untuk Kesehatan

Posted: 29 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak makanan yang mengandung zat besi baik untuk tubuh dan juga menjaga kesehatan. Makanan ini bisa kamu temukan dan konsumsi kapanpun dan di manapun kamu berada. Makanan yang mengandung zat besi sangat baik, karena zat besi merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu fungsi utama dari zat besi adalah sebagai komponen pembentuk hemoglobin (Hb) dalam sel darah merah. Hb ini berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh sel-sel tubuh. Selain itu, zat besi juga bermanfaat dan berfungsi penting dalam normal daya tahan tubuh.

Karena pentingnya zat besi bagi tubuh, jika kamu kekurangan zat besi bisa menyebabkan terhambatnya pasokan hemoblogin dalam darah. Berbagai penyakit akan muncul salah satunya adalah kekurangan darah merah atau anemia. Kekurangan zat besi yang menyebabkan kekurangan darah juga bisa membuat mudah lelah, penurunan daya otak, penurunan sistem kekebalan tubuh, hingga gangguan tumbuh kembang pada anak.

Maka dari itu, kamu harus memenuhi kebutuhan zat besi dalam tubuh secukupnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandungb zat besi. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa makanan yang mengandung zat besi dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (30/4/2019).

1. Daging Merah

Daging merah | unsplash.com

Daging merah merupakan makanan yang cukup mudah untuk kamu temui. Makanan ini merupakan salah satu makanan hewani yang lezat jika diolah dengan baik dan benar.

Contoh dari daging merah adalah daging sapi. Di dalam 100 gram daging sapi segar setidaknya mengandung 201 kkal energi, 14 gram lemak, dan 2,8 miligram zat besi. Selain itu daging sapi juga dipercaya mengandung protein yang tinggi.

2. Kuning Telur

Mana Lebih Sehat, Kuning Telur Berwarna Pucat atau Oranye (PIMPAN/Shutterstock)

Makanan yang mengandung zat besi selanjutnya sangat mudah kamu temui, yaitu telur. Telur adalah makanan kesukaan banyak orang dan menjadi salah satu makanan yang mudah ditemui dan di dapatkan.

Telur mengandung semua mineral, termasuk zat besi, dan vitamin B. Namun zat besi pada telur paling banyak ditemukan pada kuningnya. Jadi jika kamu ingin mendapatkan asupan zat besi yang cukup, kamu bisa mengonsumsi kuning telur.

3. Kacang-kacangan

Kacang Kedelai / Sumber: iStockphoto

Beberapa jenis kacang-kacangan, kacang polong, hingga kacang kedelai merupakan makanan yang mengandung zat besi. Di dalam 100 gram kacang kedelai saja mengandung 10 miligram zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 7,5 miligram zat besi.

Jadi kamu bisa mengkonsumsi kacang-kacangan untuk meningkatkan zat besi dalam tubuhmu atau memenuhi kebutuhan akan zat besi dalam tubuh.

4. Bayam

Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma Konsumsi Makanan Ini Bayam By (Nesavinov/Shutterstock)

Siapa yang tidak tahu dengan sayuran hijau yang satu ini. Manfaatnya dan juga kandungan nutrisi dalam bayam memang tidak diragukan lagi. Salah satu kandungan nutrisi dari bayam adalah zat besi. Makanan yang mengandung zat besi ini mengandung lebih dari 2 miligram zat besi, vitamin A, vitamin E, kalsium, dan serat dalam 100 gramnya.

5. Hati dan Jeroan

Hati sapi (sumber: iStock)

Mungkin tidak terlalu banyak orang yang menyukai hati atau jeroan. Namun ternyata hati dan jeroan juga merupakan makanan yang mengandung zat besi dengan tambahan protein, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram hati sapi, terdapat sekitar 5 miligram zat besi. Namun kamu harus berhati-hati ketika mengkonsumsi hati dan jeroan karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

6. Tiram

Ilustrasi tiram (iStock)

Salah satu makanan laut ini juga menjadi makanan yang mengandung zat besi. Selain tiram, makanan laut lain juga mengandung zat besi seperti cumi dan ikan. 100 gram kerang atau tiram dapat mengandung setidaknya 5 miligram zat besi. Selain itu tiram juga dipercaya mengandung nutrisi lain seperti vitamin B12 dan seng.

7. Nasi Putih

Ilustrasi Foto Nasi Putih (iStockphoto)

Ternyata makanan yang sering kita konsumsi yaitu nasi, mengandung zat besi yang cukup banyak. Dalam satu cangkir nasi putih saja bisa mengandung kurang lebih 8 miligram zat besi. Selain itu, nasi juga merupakan makanan yang menjadi sumber karbohidrat yang baik. Nasi juga mengandung zat mangan, serta rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan sodium.

8. Brokoli

Ilustrasi Foto Brokoli (iStockphoto)

Sayur brokoli juga merupakan makanan yang mengandung zat besi. Selain itu brokoli juga dipercaya mengandung vitamin K, magnesium, dan vitamin C yang bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

Brokoli juga merupakan makanan tinggi antioksidan yang baik untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah penuaan dini. Setiap 100 gram brokoli mengandung 0,75 miligram zat besi.

9. Kentang Panggang

#6 | Via: 9gag.com

Sebuah kentang panggang dengan ukuran yang cukup besar juga mengandung lebih banyak zat besi dari pada semangkuk daging ayam. Kamu bisa menambahkan makanan yang mengandung zat besi ini dengan sayuran, seperti bayam, brokoli, wortel, hingga keju atau telur.

10. Tahu

Tahu (sumber: iStock)

Dalam setengah mangkuk tahu, ternyata mengandung 3 miligram zat besi. Tahu selain harganya yang cukup murah, juga mudah ditemukan di berbagai tempat. Cara mengolah tahu juga beragam. Kamu bisa membuat sup dari tahu, salad, digoreng, hingga direbus, tergantung dari selera yang kamu inginkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kali Sunter Meluap Banjir Menggenangi Cipinang Melayu

Posted: 29 Apr 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cutah hujan yang tinggi dan banjir kiriman dari Bogor, membuat air di Kali Sunter meluap, akibatnya wilayah Cipinang Melayu terendam banjir. Meski banjir menggenangi warga enggan meninggalkan rumah dan tetap beraktivitas seperti biasa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Game of Thrones Season 8 Episode 3, Pemeran Arya Stark Takut Dibenci Fans

Posted: 29 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Arya Stark menjadi salah satu karakter yang paling dibicarakan setelah Game of Thrones Season 8 Episode 3 ditayangkan.

(Peringatan: Tulisan ini mengandung spoiler Game of Thrones Season 8 Episode 3)

Pasalnya, Arya Stark menjadi salah satu kunci dalam pertempuran di Winterfell antara pasukan Jon Snow melawan bala tentara The Night King. Ia menjadi sosok yang membunuh pemimpin White Walkers tersebut.

Hal ini menjadi heboh, karena sebagian besar penonton memprediksi Jon Snow yang akan berduel dan menghabisi The Night King.

Maisie Williams, sang pemeran Arya Stark, mengaku bahwa gara-gara hal ini pula, ia takut dibenci fans Game of Thrones.

"Ini benar-benar membuatku bersemangat, tapi aku langsung berpikir bahwa semua orang akan membenci ini, karena berpikir bahwa Arya bukan karakter yang pantas," kata Maisie Williams kepada Entertainment Weekly, seperti dilansir dari People, Selasa (30/4/2019).

Jon Snow Ikut Kaget

Kit Harington, pemeran Jon Snow. (AP Photo)

Tak hanya Maisie Williams, Kit Harington yang memerankan Jon Snow pun merasa kaget. "Aku kira aku [yang bakal melakukannya]," tuturnya.

"Tapi aku suka. Ini memberikan tujuan akhir atas latihan yang Arya jalani. Cara dia melakukannya, jauh lebih baik," tutur Kit.

Sosok Tak Terduga

Arya Stark (HBO)

Kit Harrington menambahkan unsur tak terduga ini mungkin akan mengejutkan banyak penggemar, tapi justru inilah yang menjadi keistimewaan Game of Thrones.

"Ada sesuatu [yang istimewa] tentang orang yang tak kamu perkirakan. Seorang gadis muda menusuk pria itu," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Potret Kawasan Integrasi Transportasi Dukuh Atas

Posted: 29 Apr 2019 09:36 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersiap menandatangani prasasti peresmian kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas  menghubungkan empat transportasi umum, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersiap menandatangani prasasti peresmian kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas menghubungkan empat transportasi umum, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Metrotrans menunggu penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas  menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Metrotrans menunggu penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivitas penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas  menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktivitas penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Metrotrans menunggu penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas  menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Metrotrans menunggu penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Metrotrans menunggu penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas  menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bus Metrotrans menunggu penumpang di kawasan integrasi transportasi Dukuh Atas, Selasa (30/4/2019). Kawasan Terintegrasi Dukuh Atas menghubungkan empat transportasi umum di DKI Jakarta, yaitu Transjakarta, MRT, KRL, LRT, dan Kereta Bandara. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tantang Tottenham, Ajax Andalkan 2 Jebolan Liga Inggris

Posted: 29 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Ajax Amsterdam bakal berjumpa Tottenham Hotspur di semifinal Liga Champions. Ajax pun sudah menyiapkan dua pemain jebolan Premier League untuk menularkan pengalaman mereka kepada para pemain muda di tim.

Duel leg pertama antara Ajax melawan Spurs akan digelar pada Rabu (1/4) dini hari WIB di Tottenham Hotspur Stadium. Sementara, duel leg kedua akan digelar di Johan Cruijff Arena pada Kamis (9/5) yang akan datang.

Pelatih Ajax, Erik ten Hag, mengatakan jika anak asuhnya masih kurang dalam hal pengalaman. De Godenzonen dihuni oleh banyak pemain muda. Namun, ada juga beberapa pemain senior yang akan diandalkan olehnya.

Duel melawan Spurs akan jadi yang perdana bagi Ajax melawan tim asa Inggris pada musim 2018/19 ini. Karena itu, penting baginya untuk berharap pada sosok Daley Blind dan Dusan Tadic yang sudah punya pengalaman bermain di Inggris.

Daley Blind pernah menjadi bagian dari skuat Manchester United. Sedangkan, Dusan Tadic pernah bermain selama empat musim untuk Southampton. Kedua pemain ini tentu saja sudah tahu gaya bermain Spurs karena pernah melawannya.

"Kami mungkin kurang pengalaman. Kami pun dengan sengaja melihat ke Premier League, dengan Dusan Tadic dan Daley Blind. Kami harus mendapatkan mereka musim ini dan itulah yang berhasil kami lakukan," ucap Erik ten Hag.

Pemain Berpengalaman

Bek Ajax Amsterdam, Daley Blind, menjadi andalan untuk meredam Tottenham Hotspur. (AFP Photo/Marco Bertorello)

Erik ten Hag sejatinya masih punya satu lagi pemain berpengalaman yakni Klaas-Jan Huntelaar [35 tahun]. Namun, dia belum pernah bermain untuk klub asal Inggris.

Mencapai semifinal Liga Champions acap kali dinilai sebagai capaian yang epik bagi Ajax pada musim 2018/19 ini. Apalagi, pada fase sebelumnya, Ajax mampu menyingkirkan tim-tim yang jadi unggulan. Ajax menyingkirkan Real Madrid dan Juventus.

Belum Puas

Namun, Erik ten Hag berharap agar langkah Ajax tidak berhenti pada babak semifinal. Pelatih berusia 49 tahun itu berharap bisa melaju lebih jauh lagi di Liga Champions.

"Kami sudah mencapai sesuatu, tapi kami ingin melakukan lebih banyak lagi. Kami tidak ingin berpuas diri, kami sangat semangat dan kami sangat segar. Kami bisa melakukan yang terbaik, kami tahu betul hal itu," tandas Erik ten Hag.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Peggy Melati Sukma Bercadar Saat Hadiri Hijabers Community Day 2019

Posted: 29 Apr 2019 09:35 PM PDT

Peggy Melati Sukma saat menghadiri Hijabers Community Day 2019 dikerubungi oleh wartawan. Peggy yang memakai cadar hitam tatap terlihat ramah. Peggy memang terkenal ramah dan santun kepada wartawan yang ingin mendapatkan informasi tentang dirinya. (KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Peggy Melati Sukma saat menghadiri Hijabers Community Day 2019 dikerubungi oleh wartawan. Peggy yang memakai cadar hitam tatap terlihat ramah. Peggy memang terkenal ramah dan santun kepada wartawan yang ingin mendapatkan informasi tentang dirinya. (KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Pesona Peggy Melati Sukma masih terpancar meski dirinya telah bercadar. Pada acara Hijabers Community Day 2019, Peggy ikut memeriahkan acara tersebut yang mengambil tema

Pesona Peggy Melati Sukma masih terpancar meski dirinya telah bercadar. Pada acara Hijabers Community Day 2019, Peggy ikut memeriahkan acara tersebut yang mengambil tema

Meski tertutupi cadar, tetapi Peggy masih terlihat tersenyum manis dari guratan di sekitar matanya. Kini Peggy terlihat lebih adem dengan menggunakan cadar (KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Meski tertutupi cadar, tetapi Peggy masih terlihat tersenyum manis dari guratan di sekitar matanya. Kini Peggy terlihat lebih adem dengan menggunakan cadar (KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Bandang Bengkulu, PLN Telah Normalkan 85 Gardu Listrik

Posted: 29 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bengkulu - PT PLN (Persero) telah berhasil menormalkan kembali 85 Gardu dari 161 gardu yang padam, selain itu PLN juga berhasil memperbaiki 2 penyulang, dari 4 penyulang yang terdampak Banjir Bandang yang terjadi di Wilayah Bengkulu sejak 26 April 2019.

Vice President Public RelationsDwi Suryo Abdullah mengatakan, untuk mempercepat proses pemulihan, PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu bersama PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan bersinergi dengan memberangkatkan Tim Tanggap Bencana dan Pemulihan Kelistrikan di Bengkulu.

"Sebanyak 70 personil dari wilayah kerja pelayanan Palembang, Lahat, Jambi, dan Muara Bungo diterjunkan ke Bengkulu Para personil juga membawa serta 3 mobil Crane untuk perbaikan tiang listrik serta 6 kendaraan Ranger double cabin untuk operasional pekerjaan pemulihan," kata Dwi, di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Menurut Dwi, di Bengkulu sendiri sebanyak 160 petugas yang terdiri dari 100 petugas Pelayanan Teknik dari PLN, serta 4 tim dari Mitra Kerja PLN dengan jumlah 60 petugas teknis diterjunkan langsung ke lokasi-lokasi kerusakan jaringan listrik.

"Pengiriman material tiang ke lokasi-lokasi tersebar, juga dilakukan untuk mengganti material jaringan listrik yang mengalami kerusakan," tambahnya.

Untuk memantau kondisi kelistrikan secara kontinyu selama masa pemulihan ini, PLN telah membuat Posko Siaga dan Darurat Kelistrikan di PLN UP3 Bengkulu dengan petugas siaga sebanyak 25 personil dengan 5 mobil Pelayanan Teknik.

"Kami akan berupaya secepatnya untuk memulihkan kelistrikan di Bengkulu, target kami agar warga bisa kembali menikmati aliran listrik. Selain kecepatan, recovery kelistrikan juga sangat memperhatikan sistem keamanan, mengingat masih banyak infrastruktur yang terendam banjir," paparnya.

 

Masih Ada Pemadaman

Luapan banjir yang melanda Bengkulu mengakibatkan ratusan rumah mengalami rusak dan hilang terbawa arus (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Dari recovery yang dilakukan pada hari ini, PLN berhasil menyalakan kembali sekitar 7 ribu lebih warga terdampak, dan 4 ribu lainnya masih mengalami pemadaman.

"Pemadaman parsial harus dilakukan dibeberapa lokasi guna keselamatan lingkungan sekitar dan menghindari dampak kerusakan yang lebih besar," tutup Dwi.

BNPB Kucurkan Rp 2,25 M untuk Penanganan Bencana Banjir dan Longsor di Bengkulu

Material longsor menutupi ruas jalan utama dari Kota Bengkulu menuju Sumatra Selatan (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Upaya penanganan bencana banjir dan longsor yang melanda 9 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu terus dilakukan. Jumlah korban hingga Minggu 28 April 2019 pukul 19.00 WIB, tercatat 17 orang meninggal dunia.

"Selain itu 9 orang hilang, 2 orang luka berat dan 2 orang luka ringan. Sebaran dari 17 orang meninggal dunia terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah 11 orang, Kota Bengkulu 3 orang, dan Kabupaten Kepahiang 3 orang," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Senin (29/4/2019). 

Dia menambahkan, sebanyak 12 ribu orang mengungsi yang tersebar di banyak tempat dan 13 ribu orang terdampak bencana. Jumlah ternak yang mati sebanyak 106 ekor sapi, 102 ekor kambing/domba dan 4 ekor kerbau.

"Sedangkan kerusakan fisik meliputi 184 rumah rusak, 7 fasilitas pendidikan dan 40 titik sarana prasarana infrastruktur," ujar dia.

Untuk membantu operasional penanganan darurat, Kepala BNPB Doni Monardo telah menyerahkan bantuan dana siap pakai sebesar Rp 2,25 miliar kepada Gubernur Bengkulu. Selanjutnya dana siap pakai itu akan diberikan kepada BPBD kabupaten/kota sesuai tingkat kerusakan akibat bencana.

"Kepala BNPB (Doni Monardo) setiba di Bengkulu langsung mendapat penjelasan dari Gubernur Bengkulu terkait dampak dan penanganan bencana. Kepala BNPB telah memerintahkan kepada Deputi Penanganan Darurat BNPB dan Deputi Logistik Peralatan BNPB untuk segera memenuhi kebutuhan darurat yang diperlukan," ujar dia.

Selain itu, lanjut Sutopo, Doni Monardo juga memberikan beberapa arahan kepada jajaran BPBD dan SKPD. Dalam arahannya, Doni mengungkapkan dampak ekonomi yang ditimbulkan cukup besar sehingga mengganggu pertumbuhan pembangunan.

Sutopo juga menambahkan, selain faktor alam yaitu intensitas curah hujan yang meningkat, faktor antropogenik yaitu ulah tangan manusia yang merusak alam dan lingkungan lebih dominan menyebabkan bencana hidrometeorologi meningkat.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Dirut PT Pupuk Indonesia Logistik Terkait Suap Bowo Sidik

Posted: 29 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memeriksa Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Logistik Ahmadi Hasan, Selasa (30/4/2019). Dia menjalani pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka Marketing Manager PT HTK Asty Winasti (AWI).

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka AWI," Kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi awak media, Selasa (30/4/2019).

Selain itu, sejumlah nama lain yang turut diperiksa atas tersangka yang sama yakni marketing PT Humpuss Transportasi Kimia Beny Widata, Direktur PT Humpuss Transportasi Kimia Taufik Agustoni.

Dalam kasus dugaan suap distribusi pupuk ini, KPK juga menetapkan dua orang tersangka lain yakni pegawai PT Inersia bernama Indung dan anggota Komisi VI DPR Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso.

KPK menduga ada pemberian dan penerimaan hadiah atau janji terkait kerja sama pengangkutan bidang pelayaran untuk kebutuhan distribusi pupuk menggunakan kapal PT HTK.

 

Suap Rp 8 Miliar

Anggota DPR dari Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP) dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/3). KPK mengamankan barang bukti OTT uang senilai Rp8 miliar dalam 84 kardus terkait dugaan suap pelaksanaan kerja sama pengangkutan. (merdeka.com/Dwi  Narwoko)

Dalam perkara ini, Bowo Sidik diduga meminta fee kepada PT Humpuss Transportasi Kimia atas biaya angkut yang diterima sejumlah USD 2 per metric ton. Diduga, Bowo Sidik telah menerima suap sebanyak tujuh kali dari PT Humpuss.

Total, uang suap dan gratifikasi yang diterima Bowo Sidik dari PT Humpuss maupun pihak lainnya yakni sekira Rp 8 miliar. Uang tersebut dikumpulkan Bowo untuk melakukan serangan fajar di Pemilu 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Tahan 4 Anggota DPRD Lampung Tengah

Posted: 29 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi menahan empat anggota DPRD Lampung Tengah terkait kasus dugaan gratifikasi 95 miliar rupiah. Senin (29/4) malam keempat tersangka keluar Gedung KPK dengan mengenakan baju tahanan setelah diperiksa selama 9 jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartika Putri Umumkan Kehamilan Anak Pertama

Posted: 29 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari Kartika Putri. Setahun menikah dengan Habib Usman bin Yahya, artis film 308 itu dikabarkan tengah berbadan dua.

Kebahagiaan itu dibagikan langsung oleh Kartika Putri lewat unggahan di Instagram. Dalam unggahan tersebut, Kartika Putri memajang foto testpack yang menunjukkan hasil positif. Kartika mengungkapkan rasa syukurnya karena akan dikaruniai anak pertama bersama Habib Usman bin Yahya.

"Alhamdulillahi Robbil `AlaminAllah sudah memberikan kepercayaan kepada aku dan @habibusmanbinyahya seorang anak yang sedang aku kandung," tulis Kartika Putri dikutip Liputan6.com dari Instagram, Selasa (30/4/2019).

Minta Doa

Tak lupa, Kartika Putri memohon doa agar kandungannya diberi kesehatan hingga melahirkan nanti. Ia juga berharap agar calon anaknya kelak menjadi orang saleh dan salehah.

"Mohon doanya ya semua semoga Babynya sehat selalu smpai lahiran, juga sempurna fisiknya sehingga menjadi anak yg sholeh/sholehah dan menambah kebahagiaan keluarga kami... aamiin aamiin ya robbal al aamiin," tutup Kartika Putri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaisar Akihito Turun Takhta dari Kekaisaran Jepang Hari Ini

Posted: 29 Apr 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Kaisar Jepang Akihito akan mengakhiri pemerintahan tiga dasawarsa pada hari ini, Selasa 30 April 2019.

Akihito secara sukarela mengundurkan diri karena masalah kesehatan, dan menyerahkan takhta kepada anak laki-lakinya, Putra Mahkota Naruhito.

Dikutip dari The Straits Times pada Selasa (30/4/2019), ini merupakan pengunduran diri pertama pada pemerintahan puncak Kekaisaran Jepang sejak 1817 silam.

Era kekaisaran Akihito selama 31 tahun dikenal sebagai Heisei, yang dapat diterjemahkan sebagai "mencapai perdamaian".

Berakhirnya era kekaisaran ini akan diperingati dalam sebuah upacara yang dihadiri sekitar 300 pemimpin politik dan pejabat Jepang, mulai sekitar pukul 17.00 waktu setempat, di Istana Kekaisaran Tokyo.

Pagi berikutnya pada Rabu 1 Mei 2019, Putra Mahkota Naruhito (59) akan naik takhta dalam sebuah upacara di tempat yang sama.

Dilakukan di Hadapan Benda Pusaka Kekaisaran Jepang

Prosesi terkait dimulai pada Selasa 30 April pagi, ketika Kaisar Akihito --yang mengenakan jubah berwarna cokelat keemasan dan topi baja hitam yang menjulang-- "melaporkan" turun takhta kepada leluhurnya dan para dewa di beberapa "tempat suci" di istana.

Tetapi acara utama akan berlangsung tepat pukul 17.00 waktu setempat, ketika Kaisar Akihito secara resmi akan mundur dalam upacara selama 10 menit di "Matsu-no-Ma" ("Kamar Pinus"), yang dianggap sebagai aula paling elegan di Istana Kekaisaran Tokyo.

Ritual akan dilakukan di hadapan berbagai benda pusaka Kekaisaran Jepang, seperti pedang dan permata kuno, yang dianggap sebagai bukti penting dari legitimasi seorang kaisar.

Dalam masa pensiunnya nanti, Kaisar Akihito akan diberi gelar "Kaisar Emeritus" dan pindah ke kediaman kekaisaran yang lebih kecil, bersama dengan Permaisuri Michiko, yang pertama kali ia temui di lapangan tenis lebih dari 60 tahun lalu.

Kaisar Pertama di Bawah Kesepakatan Pasifis

Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko seusai berjalan-jalan di pantai dekat Hayama Imperial Villa, Prefektur Kanagawa, Senin (21/1). Akihito akan menjadi kaisar pertama yang turun takhta dalam 200 tahun terakhir. (Kazuhiro NOGI/AFP)

Kaisar Akihito (85) disebut telah membantu memodernisasi Kekaisaran Jepang, yang merupakan monarki herediter tertua di dunia.

Dia adalah kaisar Jepang pertama yang menikahi rakyat jelata, yakni Permaisuri Michiko.

Akihito juga menjadi yang pertama memerintah di bawah sistem kekaisaran yang dirancang Amerika Serikat pasca-Perang Dunia II, di mana konstitusi pasifis menjadikannya hanya berperan secara simbolis.

Selain itu, Akihito juga merupakan kaisar Jepang pertama yang menyampaikan permintaan maaf atas agresi perang oleh mendiang ayahnya, Kaisar Hirohito, yang secara anumerta dinamai Kaisar Showa.

Permintaan maaf itu membantu meredakan hubungan yang tegang antara Jepang dan beberapa negara tetangga, terutama China dan Korea Selatan.

Selama pemerintahannya, Kaisar Akihito diketahui lebih memilih berbicara dalam bahasa Jepang biasa, daripada tata bahasa formal yang dilestarikan oleh ayahnya, kaisar terakhir yang disejajarkan setara dewa.

Era Heisei yang dipimpinnya bermula pada 1989, ketika Jepang telah menjelma sebagai raksasa ekonomi dunia, di mana berbagai perusahaan dan produk-produknya membanjiri pasar global.

Proses Pelantikan yang Panjang

Putra Mahkota Jepang, Naruhito berpose dengan latar belakang Menara Eiffel yang berhias cahaya warna-warni di Paris, Perancis, Kamis (13/9). Pertunjukan ini bagian dari kunjungan Naruhito ke Perancis. (AP Photo/Christophe Ena)

Meski akan resmi dilantik pada esok hari, namun Putra Mahkota Naruhito tidak akan menjadi kaisar Jepang hingga tengah malam.

Dia akan terlebih dahulu mewarisi tanda pangkat dua dalam sebuah upacara lanjutan pada hari Rabu pukul 10.30 pagi waktu setempat, sebelum menyampaikan pernyataan publik resmi pertamanya tak lama setelah itu.

Dalam upacara hari Rabu itu, diperkirakan hanya satu orang perempuan yang akan hadir secara langsung. Dia adalah salah satu anggota kabinet dalam pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Di luar itu, para perempuan dari kalangan bangsawan dan tokoh terkemuka dilarang menyaksikan langsung.

Seluruh rangkaian upacara akan berlangsung secara tertutip, tetapi kerumunan kecil telah berkumpyl di luar Istana Kekaisaran di Tokyo pada Selasa pagi, meski cuaca mendung tengah melana Tokyo dan sekitarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Pahala, Paula Verhoeven Rajin Memasak untuk Baim Wong

Posted: 29 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa bulan setelah menikah dengan Baim Wong, Paula Verhoeven mulai giat memasak. Baim Wong pun sekarang mulai membawa bekal sarapan oleh istrinya itu.

"Dia (siapin makanan) saya. Dia baru tahu kalau istri ngelakuin apapun ke suami adalah pahala," kata Baim Wong saat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Menurut Baim Wong, Paula selama ini belajar memasak dari buku dan teman-temannya yang berprofesi sebagai juru masak. Meskipun masih pemula, Baim memuji rasa masakan Paula sangat enak.

"Kebanyakan dari buku sih ya, dan enak sih makanannya," ucapnya.

Malas Makan di Luar

(Instagram/baimwong)

Sejak istrinya rutin mamasak untuknya, Baim mengaku makin jarang memesan makanan di luar. Masakan Paula yang telah sesuai dengan seleranya, membuatnya malas membeli makanan di luar.

"Biasanya selalu pesan. Setelah dia bisa masak, jarang (beli) dan memang kebanyakan instan terus," ucapnya.

Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Ini Daur Ulang Kertas Jadi Topi untuk Anjing, Hasilnya Keren Banget

Posted: 29 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Meski sudah berada di zaman digital, tapi pemakaian kertas masihlah banyak terjadi. Padahal kertas-kertas tersebut dibuat dari bahan dasar pohon. Semakin banyak kertas yang dipakai, maka semakin banyak pula pohon yang ditebang.

Namun pentingnya kertas, memang tidak bisa dihindari pemakaiannya. Pasalnya, kertas biasa dimanfaatkan menjadi tempat catatan dan berbagai fungsi lainnya. Yang dipermasalahkan ialah penggunaan kertas untuk hal yang tidak penting sehingga dibuang begitu saja. Namun, sebenarnya sampah kertas bisa didaur ulang.

Sampah kertas ternyata bisa didaur ulang menjadi barang berguna, ramah lingkungan, dan menciptakan sebuah karya yang bernilai estetik. Seperti yang dilakukan oleh seorang pria bernama Shepard.

Melihat kertas banyak tak terpakai Shepard tertarik untuk mendaur ulangnya. Pria ini daur ulang kertas menjadi topi untuk anjing-anjingnya. Hasil daur ulangnya pun sangat keren.

Penasaran seperti apa hasil daur ulang kertas yang disulap menjadi topi anjing? Berikut potretnya yang dirangkum Liputan6.com dari Boredpanda, Selasa (30/4/2019).

1. Topi Peneropong

Daur Ulang Kertas Jadi Topi (sumber: boredpanda)

Topi daur ulang yang berhasil dibuat pertama ialah topi peneropong. Dibuat dengan ukuran kepala anjing lalu dipakai anjingnya, membuat topi daur ulang ini terlihat sangat keren. Anjing di atas seperti terlihat siap berpetualang dengan memakai topi penoropong tersebut.

2. Topi Chef

Daur Ulang Kertas Jadi Topi  (sumber: boredpanda)

Shepard membuat sebuah topi daur ulang kertas menjadi sebuah topi yang sering digunakan chef untuk memasak. Karya daur ulangnya pun sangat menakjubkan. Terlihat begitu cocok berada di atas kepala anjingnya. Dengan memakai topi chef, anjing tersebut terlihat lucu dan seperti siap membantu dalam urusan memasak di dapur.

3. Topi Mahkota

Daur Ulang Kertas Jadi Topi  (sumber: boredpanda)

Membuat mahkota dengan menggunakan kertas menjadi karya Shepard selanjutnya dalam mendaur ulang kertas. Dengan kertas berwarna emas layaknya mahkota, Shepard membuktikan bahwa mahkota daur ulangnya bisa terlihat begitu megah dipakai anjingnya. Bahkan ketika memakai mahkota daur ulang kertas tersebut ia terlihat seperti anjing milik bangsawan.

4. Topi anak band

Daur Ulang Kertas Jadi Topi  (sumber: boredpanda)

Pastilah anak gaul kalau melihat anjing di atas akan takjub. Ya, karena anjing tersebut mampu tampil trendi dengan topi daur ulang kertas milik Shepard. Shepard mampu menghasilkan suatu karya yang kece abis. Meski menggunakan topi dari daur ulang kertas, gaya anjing ini tetep kece kan!

5. Topi bentuk kapal

Daur Ulang Kertas Jadi Topi (sumber: boredpanda)

Inovasi Shepard dalam mendaur ulang kertas juga dituangkan dalam bentuk topi kapal. Topi kapal ini terlihat begitu lucu karena menyertakan bentuk manusia sedang berada di atas kapal. Ketika si anjing memakai topi tersebut, ia terkesan lucu dan menggemaskan.

Itulah 5 topi daur ulang karya Shepard yang sangat menakjubkan. Topi daur ulang mana favoritmu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Janji Setia Pol Espargaro untuk KTM

Posted: 29 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pol Espargaro mengaku rela membela Red Bull KTM Factory Racing selama 10 tahun untuk mengembangkan motor RC16 jika jerih payahnya memang berpeluang besar menghasilkan gelar dunia MotoGP. Hal ini disampaikan Espargaro dalam wawancaranya bersama Speedweek baru-baru ini.

Espargaro membela KTM sejak 2017, dan sebagai rider utama pabrikan Austria tersebut, ia jadi ujung tombak pengembangan RC16. Hasil terbaiknya adalah finis ketiga dan naik podium di Seri Valencia yang diguyur hujan tahun lalu, dan finis kedelapan di Seri Austin yang berjalan dalam kondisi kering.

Tahun ini pun menjadi tahun ketiga KTM di MotoGP, dan mereka memiliki kontrak dengan Dorna Sports untuk berpartisipasi sampai akhir 2022 mendatang dan ingin bertahan setidaknya sampai 2026, yakni saat Espargaro akan berusia 34 tahun. Ia pun berharap masih bugar dan membela KTM saat waktunya tiba.

"Saya bakal senang membela KTM selama 10 tahun. Saya tak bisa membayangkan hal yang lebih baik. Sejak awal saya tahu KTM akan turun di MotoGP dalam jangka waktu yang panjang. Ini bukan proyek empat tahun. Stefan Pierer (CEO KTM) ingin timnya menang di MotoGP, dan hanya ada satu cara mewujudkannya. Anda harus sabar sembari terus memperbaiki motor sampai masa kemenangan tiba," ujarnya.

Pierer sendiri mengaku akan bersabar menanti perkembangan KTM di MotoGP, mengingat pihaknya sempat harus menunggu 10 tahun sebelum mendominasi Reli Dakar sejak 2001 dan butuh tujuh tahun untuk meraih gelar pertama di AMA Supercross. "Jika kami memang butuh 10 tahun di MotoGP, maka kami akan menunggu selama 10 tahun," ungkap Pierer, yang disepakati oleh Espargaro.

"Ya, Mr. Pierer sangat memahami motorsport. Anda tak bisa menang dalam sekejap di MotoGP. Saya paham kinerja KTM dan Red Bull, saya yakin cepat atau lambat kami akan menang," kata Polyccio, seperti dilansir Speedweek.

Posisi Terdepan

Pembalap MotoGP tim KTM, Pol Espargaro. (MOHD RASFAN / AFP)

"Saya tak bisa memastikan apakah butuh tiga, empat, enam, tujuh, atau 10 tahun, tapi saya harap sesegera mungkin. Saya akan sangat senang bila bisa membantu KTM dari posisi terbuncit menuju posisi terdepan," ungkapnya.

Juara dunia Moto2 2013 ini juga mengaku menjadikan rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi sebagai panutan untuk memiliki karier panjang di MotoGP. Rossi sendiri telah berusia 40 tahun dan masih menebar teror bagi para rivalnya dalam perebutan gelar dunia. Hal inilah yang 'menginspirasi' Espargaro.

Kondisi Fisik

"Balapan sampai usia 34? Mengapa tidak? Kondisi fisik saya sangat baik. Hasilnya juga impresif. Lagipula, jika saya lihat Valentino mengalahkan tandemnya dalam usia 40, saya tak ragu saya juga bisa bertarung di papan atas dalam usia 34-35 tahun. Saya mencintai pekerjaan saya, karena ini lebih dari sekadar pekerjaan. Ini adalah passion," pungkasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirut MRT Usulkan Tarif Diskon 50 Persen Diperpanjang

Posted: 29 Apr 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengoperasian Moda Raya Terpadu (MRT) telah berjalan sebulan dengan potongan tarif sebesar 50 persen. Direktur Utama PT MRT, William Sabandar mengatakan, pihaknya telah mengusulkan agar tarif diskon itu diperpanjang sementara.

Usulan ini disampaikannya langsung kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Nah untuk melakukan familiarisasi dan sosialisasi lanjutan dalam rangka membuat masyarakat itu lebih mengenal dan juga meningkatkan penumpang loyal," tutur William di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (30/4/2019). 

Ia menegaskan, hal ini dapat membuat masyarakat DKI Jakarta semakin beralih ke moda transportasi umum, terutama MRT. Bila tarif dinormalkan, dia khawatir hal itu akan mengurangi frekuensi penggunaan MRT. 

William menambahkan, usulan ini karena ada kelompok masyarakat yang tergantung pada harga tarif MRT. Karenanya, ia berharap pihak pemerintah DKI Jakarta dapat menyetujui hal ini.

"Memberlakukan tarif promo 50% itu sangat membantu membuat masyarakat sebanyak-banyaknya naik MRT di Jakarta. Kenapa kita mengusulkan 2 minggu atau lebih, nanti waktunya ditetapkan oleh pemerintah untuk menyiapkan familiar sense pada penumpang," tukas William.

Meski begitu, Anies sendiri belum dapat memastikan bila usulan tersebut akan dikabulkan. Menurutnya, masih ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

"Nanti ada pengumuman sendiri," ujar Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bappenas: Timika Pernah Masuk Opsi Jadi Ibu Kota Baru

Posted: 29 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menyatakan kajian mengenai pemindahan ibu kota belum secara spesifik menyebutkan calon ibu kota baru. Namun demikian, ada sejumlah kota yang pernah muncul dalam pembahasan terkait hal ini.

Kepala Biro Humas dan Tata Usaha‎ Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas, Parulian Silalahi mengatakan, salah satu kota yang pernah muncul dalam pembahasan yaitu Timika, Papua. Pertimbangannya adalah memiliki ‎wilayah yang luas sehingga masih bisa dikembangkan.

"Misalnya Timika, kalau kota dipindahkan tapi kalau dia tidak asimilasi dengan lingkungan itu juga menjadi problem. Ini dalam pembahasan disebut," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Namun, letak geografis dan asimilasi dengan lingkungan menjadi faktor yang membuat Timika sulit untuk dijadikan ibu kota baru.

"Karena seperti Brasilia, dulu saat libur nasional praktis mati kota itu karena orang tidak ada yang menetap di situ, karena orang dari Rio atau Sao Paolo semua. Itu harus dipertimbangkan. Ada banyak kota yang dibahas. Kalau bicara lahan yang luas, di Papua ada. Semuanya kita bahas. Tetapi itu masih di level teknik," kata dia.

Selain di Papua, kota di pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera juga muncul dalam pembahasan mengenai pemindahan ibu kota ini.

"Kemudian lahannya masih banyak juga ada Kalimantan, Sulawesi, Sumatera. Sumatera itu daerah yang relatif aman, kalau (bebas) gempa maupun gunung berapi, itu seperti Medan, kalau di Kalimantan itu Kalimantan Tengah. Ini macam-macam dipertimbangkan," kata dia.

Meski demikian, Parulian menegaskan hingga saat ini belum ada kota atau daerah yang secara spesifik dibahas untuk menjadi pengganti DKI Jakarta. Yang selama ini dikaji oleh Bappenas, lanjut dia, lebih banyak soal apa saja yang diperlukan untuk memindahkan ibu kota.

"Tidak spesifik, kami tidak pernah membahas secara khusus. Tetapi apa saja yang diperlukan (untuk pemindahan Ibu Kota)," tandas dia.

2 Alasan Utama Jokowi Setuju Ibu Kota Pindah ke Luar Jawa

Pekerja tengah mengerjakan proyek pembangunan gedung bertingkat di Jakarta, Sabtu (15/12). Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 mendatang tidak jauh berbeda dari tahun ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke daerah lain di luar pulau Jawa. Ada alasan tersendiri mengapa pemilihan daerah harus di luar pulau Jawa.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan, alasan rasional pemindahan ibu kota ini adalah demi pemerataan ekonomi.

"Pertama, pulau Jawa menanggung hampir 50 persen ekonomi Indonesia. Kedua, mendorong pemerataan ekonomi ke Indonesia bagian timur," ujar Bambang di Kantor Presiden, pada Senin 29 April 2019. 

Bagaimanapun, menurut Bambang, pulau Jawa masih terlalu dominan untuk perekonomian Indonesia. Pemindahan ibu kota juga dilakukan untuk mengubah mindset agar Indonesiasentris.

Selain itu, nantinya ibu kota baru akan dicanangkan dapat merepresentasikan identitas bangsa, meningkatkan pengelolaan pemerintahan yang efektif dan efektif serta menerapkan ibu kota yang smart, green dan beautiful city.

"Diperlukan komitmen yang kuat dalam keputusan pemindahan ibu kota ini, karena membutuhkan pertimbangan strategis politis. Karena ini mega project, jadi perlu koordinasi yang solid agar semuanya berjalan dengan lancar," tutupnya.

Jokowi Setuju Ibu Kota Dipindahkan ke Luar Pulau Jawa

Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla saat memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). Jokowi menyatakan ingin agar rencana pemindahan ibu kota dikerjakan dengan serius. (Liputan6.com/HO/Radi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyetujui rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar Pulau Jawa. Ini disampaikan Jokowi saat menanggapi laporan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengenai tiga lokasi alternatif ibu kota baru Indonesia.

Bambang dalam laporannya menyebut tiga lokasi alternatif tersebut yakni pertama tetap di Jakarta, kedua di sekitar Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Ketiga di luar Pulau Jawa.

"Kalau saya sih alternatif satu dan dua sudah tidak," ucap Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri sehingga menolak ibu kota tetap di Jakarta atau dipindahkan di sekitar Pulau Jawa. Jakarta atau Pulau Jawa disebut sebagai kawasan rawan macet dan banjir.

"Ada pencemaran yang berat juga. Ini di Pulau Jawa, sungai-sungai di Pulau Jawa merupakan 10 sungai yang paling tercemar di dunia," ujarnya.

Selain itu, degradasi sosial di Jakarta atau Pulau Jawa semakin tajam. Sementara lahan di Pulau Jawa semakin sempit akibat peralihan fungsi.

"Dan informasi yang saya terima, sebanyak 40 ribu hektare lahan yang sangat produktif beralih fungsi di Jawa, setiap tahunnya. Dari sawah ke properti," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Europa: Arsenal vs Valencia, Frankfurt vs Chelsea

Posted: 29 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Semifinal Liga Europa leg pertama bakal berlangsung pada Kami (1/5/2019) atau Jumat dini hari WIB. Dua tim asal London, Inggris telah memastikan tiket ke semifinal Liga Europa.

Arsenal, klub yang berbasis di London Utara ini, akan menghadapi Valencia. Meriam London, sebutan Chelsea, akan terlebih dahulu menjamu Valencia di Emirates Stadium.

Jelang laga ini, baik Arsenal maupun Valencia tidak dalam bentuk terbaik. Dalam tiga pertandingan terakhir, Meriam London menelan kekalahan. Sedangkan Valencia juga kalah dalam dua pertandingan terakhir.

Klub London lainnya yang telah melangkah ke semifinal Liga Europa adalah Chelsea. Gonzalo Higuain dan kawan-kawan akan bertandang ke markas Frankfurt, Commerzbank-Arena.

Kedua tim, menjelan laga ini, sama-sama mencatatkan hasil imbang dalam dua pertandingan terakhir. Lihat semifinal Liga Europa di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Liga Europa

Leg Pertama Semifinal Liga Europa

Jumat, 23 Mei 2019

02.00 WIB Arsenal vs Valencia

02.00 WIB Frankfurt vs Chelsea

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kasus Suap Sofyan Basir, KPK Panggil Direktur Keuangan PLN

Posted: 29 Apr 2019 09:13 PM PDT

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto berada di ruang tunggu Gedung KPK sebelum menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Dirut nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto berada di ruang tunggu Gedung KPK sebelum menjalani pemeriksaan di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Dirut nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto memenuhi panggilan penyidik KPK di Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Direktur Keuangan PLN, Sarwono Sudarto menuju ruang pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Sarwono Sudarto diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dugaan pembangunan PLTU Riau-1 yang menyeret Direktur Utama nonaktif PT PLN Sofyan Basir. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: