Jumat, 12 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Euforia Konser Putih Bersatu Bergemuruh di Ranah Internet

Posted: 12 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para pendukung pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo - Ma'ruf Amin, tengah menghadiri acara Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK pada hari ini, Sabtu (13/4/2019).

Tak hanya di GBK, euforia kampanye akbar bertajuk Konser Putih Bersatu ini juga terasa di ranah media sosial.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019), saat berita ini ditulis, tagar #KonserPutihBerSATU menduduki posisi puncak Indonesia trends.

Para pengguna Twitter tak hanya menyampaikan dukungannya kepada pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 tersebut, tapi juga banyak yang mengunggah video dan foto-foto suasana di GBK saat ini.

Berikut beberapa kicauan warganet dengan tagar #KonserPutihBerSATU:

"Amazing, rakyat sudah cerdas dan akan mengerti memilih pemimpin yang optimis maju bangsa ini. #KonserPutihBerSATU @jokowi @PDI_Perjuangan @ganjarpranowo @pranandaprabowo," tulis pengguna Twitter dengan akun @FeryEfata.

"Kami sudah sampai di GBK #BarengJokowi putihkan GBK #KonserPutihBerSATUTranslate Tweet," kicau @AminehFad.

"Meskipun GBK penuh aku tidak bilang yg datang 1 juta karena aku tahu kapasitas GBK #KonserPutihBerSATU," tulis pemilik akun @DarmanVilla di Twitter.

Pendukung Jokowi-Ma'ruf Mulai Padati GBK

Pendukung pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mulai memadati GBK, Jakarta. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Relawan dan simpatisan Jokowi-Ma'ruf Amin mulai memadati kompleks GBK, Jakarta. Mereka hendak menghadiri acara Konser Putih Bersatu di Stadion Utama GBK, Sabtu (13/4/2019).

Pantauan di gate 5 kawasan GBK, meski acara berlangsung pada pukul 14.00 siang, para pendukung Jokowi-Amin sudah memenuhi pintu masuk. Mereka berdatangan sejak pukul 09.00 WIB dengan mengenakan baju putih bergambar Jokowi-Ma'ruf Amin. Tak sedikit pula yang membawa atribut seperti bendera relawan, dan bendera partai.

Kehadiran mereka menyebabkan arus lintas di sekitar lokasi mengalami kemacetan, khususnya di dekat pintu masuk Stadion Utama GBK.

Misalnya, di Jalan Asia Afrika, Senayan hingga Jalan Jenderal Sudirman. Kendaraan tampak mengular di area tersebut, karena banyak yang berhenti untuk menurunkan para pendukung atau simpatisan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rambu Ini Bisa Mendeteksi Pengguna Mobil yang Bermain Handphone

Posted: 12 Apr 2019 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Thames Valley - Bermain handphone sambil berkendara merupakan hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Kali ini satuan kepolisian Thames Valley & Hampshire menggunakan teknologi baru untuk mendeteksi pengemudi nakal.

Dilansir BBC UK, sebuah rambu khusus akan berkedip saat mendeteksi pengguna mobil bermain handphone. Sayangnya, alat ini belum bisa mendeteksi apakah pengemudi atau penumpang yang menggunakan handphone.

Alat ini bukan digunakan sebagai alat bukti untuk menilang, melainkan untuk memberikan edukasi pengguna jalan dan mengetahui lokasi yang rawan pelanggaran.

Pendeteksi tersebut bukan sebuah solusi yang sempurna untuk membuktikan seseorang bersalah atau tidak ,namun ini merupakan sebuah arah yang tepat untuk menertibkan pengguna jalan.

Menurut Liz Johnson, petugas keselamatan berkendara, pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara memiliki risiko kecelakaan 4 kali lebih besar dibanding berkendara biasa. 

Canggih Buatan Anak Negeri, Tinggal Sebut Mesin Motor Hidup

Dengan alat ini, Anda tidak perlu menggunakan anak kunci untuk menghidupkan motor melainkan melalui perintah suara (Liputan6.com)

Kegemarannya dalam mengutak-atik sepeda motor mengantar Endie Yusup menciptakan alat canggih yang diberi nama modul Jarvis. Dengan alat ini, Anda tidak perlu menggunakan anak kunci untuk menghidupkan motor melainkan melalui perintah suara. Istilahnya, tinggal sebut mesin motor hidup.

Endie mengisahkan, diciptakannya alat ini bermula kala ia melakoni kegemarannya dalam ngoprek motor. Ditambahkan kesukaannya di bidang robotik membuat dirinya semangat dalam bereksperimen.

 

 
 

 

"Awalnya saya tertarik sistem robotik. Saya cari artikel-artikel di internet, kebetulan saya menemukan sistem robotik ini di remote dari handphone. Dari situ ide saya berkembang kenapa gak diaplikasikan saja di motor," ujarnya kepada Liputan6.com.

Alat ini sudah terpasang di Honda Vario kelir merah milik anak Bekasi tersebut. Modul yang terpasang di motor tersambung pula dengan handphone (hp) miliknya melalui aplikasi khusus. Motor inipun sepenuhnya dikendalikan bisa dari hp melalui perintah suara.

 

Selanjutnya

Hebatnya, Jarvis tak hanya pandai mengenali perintah dalam Bahasa Indonesia, tetapi juga berbagai bahasa lain. Hal ini karena Endie menghubungkan aplikasi yang namanya ia rahasiakan dengan Google Voice.

"Jarvis, hidupkan motor," begitu perintah Endie kepada Jarvis sembari berbicara menghadap smartphone Android-nya. Mesin sepeda motor pun perlahan menyala diikuti dengan lampunya.

Disebutkan, penggunaan Jarvis cukup aman sebab ia memproteksi koneksi Bluetooth dengan password empat digit. Dengan demikian, sepeda motor tak bisa diperintah oleh pengguna lain meskipun dengan perintah yang sama.

"Kunci analog sudah diamankan sehingga jika Jarvis sudah diaktifkan, motor tidak bisa dihidupkan menggunakan anak kunci," katanya.

Dirinya mengilustrasikan, jika motor dinyalakan paksa oleh pencuri maka motor tidak akan bisa hidup. Seketika itu pula klakson "berteriak". Ia berharap, alat ini bisa mengurangi angka pencurian kendaraan bermotor.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petis, Alat Canggih Budidaya Jamur Tiram Buatan Mahasiswa UNY

Posted: 12 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Tiga orang mahasiswa UNY menciptakan sebuah alat yang diberi nama Petis. Alat ini digunakan untuk mempermudah proses budidaya jamur tiram.

Alat ini berfungsi sebagai pengatur suhu dan kelembaban kumbung jamur otomatis. Selama ini, penyiraman jamur tiram dilakukan manual.

Cara konvensional itu membuat pembudidayaan jamur menjadi tidak efisien. Sebab, waktu penyiraman hanya mengandalkan termometer ruangan sehingga pembudidaya jamur tiram harus bolak-balik menyiram jamur demi memperoleh suhu dan kelembaban yang dibutuhkan.

Aji Nugroho, Mohon Fakhril Assyroh, dan Aji Pangestu memutuskan untuk membuat inovasi ini setelah mengetahui lebih dari 100 kelompok budidaya jamur tiram di DIY mengalami kesulitan yang hampir mirip.

Budidaya jamur yang baik membutuhkan beberapa indikator, antara lain  membutuhkan perawatan khusus untuk membudidayakannya, perlu penyiraman yang teratur, dan kondisi tempat penanaman yang lembab dan sedikit pengaruh pancaran sinar matahari. Jika hal itu terpenuhi, maka jamur bisa tumbuh optimal sampai masa panen.

Menurut Aji Nugroho dalam pertanian jamur tiram, suhu dam kelembaban sangatlah penting bagi pertumbuhan jamur. Oleh karena itu, perlu sensor yang dapat mendeteksi suhu dan kelembaban pada kumbung jamur tiram agar pertumbuhan jamur tiram lebih optimal. Pada umumnya, suhu yang baik bagi jamur tiram berkisar 24 sampai 27 derajat Celcius.

"Alat ini dirancang untuk mengatur suhu kumbung jamur agar efektifitas dan kualitas jamur meningkat, mengubah penyiraman jamur manual menjadi otomatis sekaligus mengurangi angka gagal panen jamur," ujarnya beberapa waktu lalu.

Petis dirancang dengan menggunakan sensor digital DHT 11 yang dapat mengukur suhu dan kelembaban udara di sekitarnya, board mikrokontroler Arduino UNO berbasis ATmega328 (data sheet), pompa air DC, dan nozzle sprayer embun yang berfungsi membuat embun untuk menurunkan suhu dan menaikkan kelembaban.

Cara kerjanya, Petis diatur suhu dan kelembabannya melalui program. Apabila suhu atau kelembabannya tidak sesuai dengan yang sudah diatur, maka secara otomatis akan mengaktifkan pompa air yang akan menyemprot kumbung jamur.

"Jika suhu dan kelembabannya tidak sesuai maka data yang terbaca dikirim ke server agar bisa diakses lewat aplikasi Android supaya petani jamur bisa memantau suhu dan kelembaban secara real time," ucapnya.

   

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Banget, 8 Editan Bikin Enggak Percaya Lagi dengan Foto di Media Sosial

Posted: 12 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini sebagian besar orang tentu aktif membagikan foto di media sosial. Contohnya saja seperti di platform Instagram. Banyak pengguna Instagram dari berbagai belahan dunia yang kerap membagikan potret dirinya sehari-hari.

Untuk menunjang unggahan yang menarik, banyak warganet yang kerap mengedit foto mereka sebelum mempostingnya. Namun tak semua orang memiliki kemampuan mengedit foto yang baik. Tapi jangan jhawatir, pasalnya saat ini telah banyak master Photoshop yang menawarkan jasa edit foto secara online.

Kalian juga tak perlu ragu dengan hasilnya, bahkan ada salah satu pengguna Weibo dengan username Kanahoooo yang memiliki kemampuan edit foto dengan sangat baik.

Tapi saking bagusnya, hasil editan fotonya justru sangat berbeda dengan aslinya loh. Hal ini memang membuat dirinya memiliki banyak klien yang kerap menggunakan jasanya.

Lantas apa kalian penasaran dengan hasil editan foto-foto Kanahoooo? Berikut potretnya.

Wow benar-benar berbeda dengan aslinya ya

(foto: Kanahoooo)

Tak hanya merubah warna kulit tapi juga bentuk wajah

(foto: Kanahoooo)

Kalau begini sih seperti beda orang ya

(foto: Kanahoooo)

Hasilnya benar-benar menakjubkan

(foto: Kanahoooo)

Tak perlu diet, cukup edit foto saja

(foto: Kanahoooo)

Bentuk wajah pun bisa diubah

(foto: Kanahoooo)

Berubah drastis

(foto: Kanahoooo)

Kalau begini sih pasti kalian juga mau menggunakan jasa edit fotonya ya

(foto: Kanahoooo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Lucu Miliarder Afrika Saat Yakinkan Dirinya Kaya Raya

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Abuja - Orang terkaya Afrika, Aliko Dangote mempunya cerita lucu dibalik kisahnya menjadi orang kaya.

Dilansir dari AFP, ia pernah tarik tunai hingga puluhan juta dolar AS hanya untuk memastikan jika saat ini ia benar-benar kaya. Kaya yang ia maksud, kaya berupa fisik dan bukan hanya di atas kertas.

"Saya pernah menarik tunai USD 10 juta (atau lebih dari Rp 141 miliar, asumsi kurs Rp 14.144 per dolar AS) dari bank, menaruhnya di bagasi mobil dan memandangi uang tersebut di kamarnya," ujar Dangote.

Sembari memandangi uang tersebut, Dangote berkata dalam hati "Sekarang saya percaya sudah kaya dan memiliki uang".

Kemudian setelah ia yakin akan kekayaan yang saat ini dicapainya, Dangote lalu mengembalikan uang tersebut ke bank ke esokan harinya.

Berdasarkan data dari Bloomberg Billionaires Index, pengusaha asal Nigeria itu kini menempati peringkat ke-76 orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 16,4 miliar atau lebih dari Rp 232 triliun.

Dalam wawancaranya, Dangote berpesan agar pengusaha muda Afrika agar tidak terbuai akan kesuksesan pertama yang diraihnya. Ia pun mengatakan, ada dua sektor yang sangat menjanjikan untuk masa depan Afrika di antaranya pertanian dan teknologi.

 

 

Kaya Raya, Miliarder Terhemat Ini Hanya Habiskan Rp 5 Juta per Bulan

Zong Qinghuo

Tentunya sebagai seorang miliarder akan sangat mudah baginya untuk hidup dengan mewah, namun tidak dengan miliarder asal China satu ini, Zong Qinghuo. Salah satu miliarder China ini pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di China selama tiga tahun berturut-turut semenjak 2010 hingga 2013, dan saat ini dinobatkan menjadi 'Miliarder Terhemat'.

Pasalnya, ia hanya menghabiskan RM 2.400 atau Rp 5 juta (Kurs 1 RM = Rp 2.106) tiap bulannya. Sungguh luar biasa bukan?

Meskipun ada beberapa miliarder dunia seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang memilih hidup sederhana, namun kehidupan mereka masih kalah jauh sederhana dengan Zong Qinghuo.

Dilansir dari laman World of Buzz, ternyata jumlah kekayaan pria 74 tahun ini yang didapatkan dari perusahaan minuman terbesar China, 'Wahaha' mencapai USD 11,4 miliar atau Rp 161,3 triliun (Kurs USD 1 = Rp 14.150).

Tentunya dengan kekayaannya yang mencapai ratusan triliunan ini, ia bisa saja hidup mewah dan membeli apapun yang diinginkannya. Namun Zong tidak melakukannya karena sebelum menjadi kaya raya, Zong sempat hidup miskin.

Zong lahir dari keluarga yang tidak mampu. Sang ibu yang menjadi tulang punggung keluarga hanya memiliki gaji yang kecil dari menjadi guru. Untuk menambah penghasilannya, Zong yang saat itu baru lulus Sekolah Menengah Atas dan berusia 17 tahun ini akhirnya bekerja sebagai seorang petani di ladang garam dekat desanya di Hangzhou, China.

Selain menjadi petani garam, ia juga bekerja serabutan mulai dari bekerja di bidang konstruksi hingga pengantar susu. Setelah 15 tahun bekerja di desa tetangga, akhirnya Zong memutuskan kembali ke desanya dan bekerja sebagai pegawai toko. Darisini, ia hanya mendapatkan gaji sebesar 30 yuan atau Rp 63 ribu per bulannya.

Jalan suksesnya mulai terbuka sejak ia berusia 42 tahun. Zong telah berhasil mengambil alih sebuah pabrik kecil dan memulai memproduksi minuman berkarbonasi dan es loli. Untuk menjual produknya, Zong menggunakan sepeda dan ia berhasil mengumpulkan 220 ribu yuan atau Rp 463 juta dalam waktu satu tahun. Angka ini tentunya sangat melampaui target awalnya senilai 100 ribu yuan atau Rp 210 juta.

Darisini lah, Zong mendapatkan ide untuk berbisnis kedepannya dengan membuat merek minumannya sendiri, 'Wahaha'. Pada 1988, Wahaha telah memproduksi minuman untuk bayi dan sangat cepat menuasai pasar. Berkat ini, bisnis Zong pun mulai berkembang hingga akhirnya ia melakukan eskpansi usaha.

Selanjutnya, ia mengambil alih pabrik lain yang memproduksi makanan kaleng. Setelah itu, ia mulai memproduksi minuman botol yang saat itu belum umum di China. Melalui ini, ia pun sangat berhasil untuk menarik banyak konsumen untuk mencoba produk dan minuman kemasan. Produk ini juga dipandang sebagai barang mewah karena minuman kaleng ini hanya disajikan untu kalangan atas pada masa itu.

Saat ini, Wahaha telah menjadi produsen minuman terbesar di China namun Zong tetap setia untuk hidup dengan sederhana. Selain menghabiskan uang sekitar USD 20 atau Rp 283 ribu per harinya, Zong juga lebih sering memakai pakaian, sepatu bahkan tas yang biasa saja kemanapun ia pergi.

Zong memang sangat berbeda dibanding miliarder dunia lainnya. Jika miliarder dunia lainnya lebih suka makan di hotel berbintang, namun Zong lebih menyukai makanan sederhana dan ia juga sering makan bersama dengan pegawainya pada jam makan siang. Karena kedekatan tersebut, Zong dipanggil 'kakak' oleh para pegawainya.

Tak Terkalahkan, Raja Muslim Ini Jadi Orang Terkaya Sepanjang Masa

Siapa orang terkaya dalam sejarah? Bukan Bill Gates ataupun Henry Ford, namun Mansa Musa I, Kaisar Mali Abad ke-12.

Siapa tak mengenal Jeff Bezos? Pendiri Amazon ini merupakan orang terkaya dunia versi Majalah Forbes pada 2019. Dengan perkiraan total kekayaan mencapai USD 131 miliar, dia merupakan orang paling tajir di dunia dalam sejarah modern.

Namun begitu, bukan berarti Jeff Bezos adalah manusia paling kaya sepanjang masa. Titel tersebut rupanya dipegang oleh seorang raja muslim yang berasal dari kawasan Afrika Barat dan hidup pada abad ke-14, Mansa Musa.

"Melihat catat kontemporer tentang kekayaan Musa itu sangat mencengangkan, sehingga hampir tidak mungkin untuk menghitung betapa kaya dan besar dia sebenarnya," ucap Profesor Sejarah Universitas California, Rudolph Butch Ware, seperti dikutip BBC.com, Senin (8/4/2019).

Adapun pada 2012 lalu, situs Celebrity Net Worth sempat memperkirakan kekayaan Mansa Musa mencapai sekitar USD 400 miliar. Pernyataan itu dibantah para pakar sejarah ekonomi, yang menyetujui bahwa kepemilikan hartanya mustahil ditakar dengan jumlah angka.

Lantas, siapa sebenarnya Mansa Musa ini?

Mansa Musa pada zamannya merupakan sosok fenomenal. Penguasa Mali ini punya kendali penuh atas produksi emas paling murni yang paling diincar orang-orang kala itu.

Dia terlahir pada 1280 sebagai anggota dari keluarga Kerajaan Mali. Dia naik tahta sebagai raja pasca kerajaan ditinggal oleh kakaknya Mansa Abu-Bakr yang memutuskan untuk melakukan ekspedisi menyeberangi lautan bersama ribuan orang lainnya.

Di bawah kekuasaannya, Kerajaan Mali berkembang pesat dengan mencaplok sebanyak 24 kota, termasuk Timbuktu. Kerajaan ini terbentang sejauh 2.000 mil dan berdiri di atas negara-negara modern seperti Senegal, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger, Gambia, Guinea-Bissau, Guinea, sampai Pantai Gading.

Kekuasaan sebesar itu lantas menghadirkan banyak kekayaan alam juga seperti emas dan garam. Merujuk catatan British Museum, hampir setengah dari produksi emas dunia pada saat itu dimiliki oleh Kerajaan Mali dibawah rezim Mansa Musa.

Publik dunia baru tersadarkan atas kekayaannya saat ia yang seorang Muslim melakukan perjalanan ke Mekkah. Sang Raja dikabarkan meninggalkan Mali bersama rombongan karavan berisikan 60 ribu orang, termasuk 12 ribu orang budak yang seluruhnya mengenakan busana brokat dan sutra Persia, serta barisan unta yang membawa ratusan pon emas murni.

Perjalanan itu rupanya memberi kesan mendalam kepada beberapa kota yang disinggahinya. Seperti yang diceritakan al-Umari, yang melaporkan bahwa Sang Raja begitu dipuja oleh masyarakat Kairo.

Saat tinggal di Kairo selama tiga bulan, Mansa Musa membagikan emas kepada penduduk setempat, hingga menyebabkan harga emas di kawasan tersebut anjlok selama 10 tahun dan menghancurkan ekonomi.

Perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat, SmartAsset.com, bahkan memperkirakan, ziarah Mansa Musa tersebut menyebabkan kerugian ekonomi hingga USD 1,5 miliar di seluruh kawasan Timur Tengah akibat depresiasi emas.

Kemakmuran Mansa Musa dan Kerajaan Mali ini terus berlanjut hingga Sang Raja wafat di usia 57 tahun pada 1337. Sayangnya, setelah ditinggal sang pemilik tahta, pewarisnya tak bisa mempertahankan harta sehingga kekaisaran besar itu runtuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Orangtua Cegah Bullying

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi menunjukkan bahwa pelaku bullying kebanyakan merupakan anak dengan kepercayaan diri tinggi dan populer. Psikolog Jaana Juvonen mengatakan bahwa program anti-bullying tidak efektif karena target yang salah.

Ia mengatakan bahwa dibutuhkan cara yang lebih baik untuk menghentikan bullying karena korban dapat mengalami berbagai masalah kesehatan seperti sakit kepala, sakit perut atau sulit tidur. Korban juga mengalami penurunan dalam kemampuan untuk mengikuti pelajaran di sekolah serta sulit berbaur dengan teman.

Tidak hanya korban yang dapat merasakan risiko tetapi juga pelaku bullying. Survei dari US Department of Education menunjukkan bahwa 25 persen pelaku bullying yang sering melakukan keributan fisik memiliki catatan criminal pada umur 30 tahun.

"Bullying juga berisi pelecehan verbal, ejekan nama, atau mempermalukan korban dalam publik. Guru telah dilatih untuk menyelesaikan keributan di sekolah. Namun ketika pelecehan verbal terjadi, anak seringkali harus menyelesaikan masalah ini sendiri. Hal ini tidak bekerja dengan baik," Kata Jaana Juvonen.

 

Cara ortu cegah bullying

Orangtua sebenarnya dapat mengambil peran dalam pencegahan bullying. Melansir dari Prevention, berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegahnya:

1. Berkomunikasi dengan guru

Tanyakan pada guru anak Anda bagaimana bullying diatasi di sekolah. Dalam program yang efektif, pelecehan verbal harus dianggap sebagai hal yang serius. Anak harus diajarkan untuk mendukung korban dan menolak perilaku bullying.

2. Berkomunikasi dengan anak

Beri pemahaman pada anak Anda mengenai bullying sehingga anak mengetahui apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi. Ajarkan anak untuk menolak perilaku bullying dan berani untuk membela diri.

Jika Anda mencuragai anak Anda terkena bullying, segera tanyakan. Cari tahu apakah bullying terjadi di sekolah. Selain itu, Anda juga dapat membantu anak untuk membangun jaringan pertemanan dengan mendukungnya melakukan aktivitas kelompok.

Jangan berkonfrontasi

3. Ajari anak mengenai keadilan

Jelaskan mengenai keadilan pada anak Anda. Ajarkan anak untuk berani membela anak lain yang terkena bullying. Kebanyakan anak tidak mau mengintervensi perilaku bullying karena takut akan menjadi korban berikutnya. Namun, ketika pelaku bullying melihat tindakannya tidak disetujui biasanya pelaku akan menyerah.

Selain itu, Jaana Juvine menyarankan bila bullying telah terjadi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendengarkan cerita anak. Jangan mengkonfrontasi orangtua pelaku bullying karena hanya akan memperburuk situasi dan tidak membantu permasalahan anak Anda. Bicaralah dengan guru mengenai permasalahan yang terjadi dan diskusikan tindakan anti-bullying yang dapat dilakukan.

Penulis: Khairuni Cesario

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Tingkatan IQ Manusia ala Netizen Ini Bikin Senyum Kecut

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tuhan menciptakan manusia dilengkapi dengan akalnya. Dengan akalnya, manusia bisa menciptakan berbagai inovasi dan menjalankan aktivitas hidup sehari-hari. Dalam dunia pendidikan biasanya IQ bisa menjadi salah satu bukti kepintaran seseorang.

Sebagian besar manusia di muka Bumi ini umumnya terlahir dengan kecerdasan standar. Rata-rata IQ manusia normal berkisar antara 90-110, nilai yang lebih dari 110 dianggap sebagai di atas rata-rata. Sedangkan nilai di atas 130, dianggap berbakat.

Tetapi, netizen Twitter punya tingkatan IQ sendiri yang bikin kamu tersenyum kecut. Penasaran kan bagaimana tingkatan IQnya? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/4/2019). 

Kira-kira Berapa IQ-mu?

1. Enaknya diapain nih orang yang kayak gini? 

Tingkatan IQ (Sumber: Twitter/seterahdeh)

2. Gantian tanya lagi aja kalau gitu

Tingkatan IQ (Sumber: Twitter/rasyourbae1)

3. Sering terjadi di dunia per WhatsApp-an

Tingkatan IQ (Sumber: Twitter/fitriaugustin)

Kamu kayak gini juga enggak nih?

4. Sering terjadi pada emak-emak

Tingkatan IQ (Sumber: Twitter/Jeje_irsnt)

5. Suruh terbang aja tuh yang hobi begitu

Tingkatan IQ (Sumber: Twitter/divosatria)

6. Orang pintar ketika kenal cinta menjadi sangat 'jenius'

Tingkatan IQ (Sumber: Twitter/baraozama1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dicela karena Wijin, Gisella Anastasia Bikin Penampungan Haters

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melihat unggahan Gisella Anastasia di media sosial, belakangan ini ia terlihat banyak menerima cercaan dari warganet. Hal itu terjadi setelah ia dekat dengan pebasket Wijaya Saputra alias Wijin usai menyandang status janda.

Kini, mantan istri Gading Marten itu sudah tak mampu membendung kesabarannya. Alhasil, Gisella Anastasia pun melampiaskan emosinya kepada warganet.

Ia lalu menyampaikan satu pernyataan yang cukup mengejutkan. Ibu dari Gempita ini membuatkan ruang khusus bagi para haters sambil menantang mereka untuk menuangkan komentar negatif terhadap dirinya.

"So here it is.. aku sediain lapak buat yg mau membully dan mencaci maki," tulis Gisella Anastasia pada keterangan foto dirinya dan Wijin melalui akun Instagram @gisel_la, Jumat (12/4/2019).

Sudah Mengantisipasi

Gisella Anasta dan Wijaya Saputra alias Wijin. (Instagram @gisel_la)

"Buat yg selalu memandang rendah dan iri pada kebahagiaan orang lain.. buat yg tidak pernah melihat sisi positif orang lain.. go ahead:)," lanjut Gisel.

Gisel juga menyampaikan bahwa ia sudah mengantisipasi akhir dari hubungannya dengan Wijaya Saputra. Namun, ia menegaskan akan tetap mencoba menjalaninya meskipun berakhir tak bahagia.

"There's no guarantee cerita ini akan menjadi apa dikemudian hari, bisa berakhir dengan banyak versi, but its worth to try," ujarnya.

Ucapan Terima Kasih

Gisella Anastasia atau yang lebih dikenal dengan nama Gisel Idol lahir di  Surabaya, 16 November 1990 (Kapanlagi/Bambang E Ros)

Menariknya, Gisel turut menyampaikan rasa terima kasih kepada warganet yang menuliskan komentar-komentar negatif kepada dirinya. Di matanya, komentar-komentar seperti itu justru menjadi masukan tersendiri bagi dirinya.

"Diberi kekuatan fisik dan juga mental buat menjalani semua rutinitas yg gak santai ini dan menikmatinya. Mungkin jg diberi ujian menghadapi pandangan2 negatif ini jg untuk mengajarkan aku kesabaran untuk bs jd manusia yg lbh baik," ia menyampaikan.

"So i wanna say thank u buat kalian semuanya And remember, I won't fall down, i'll stay kind, stay strong, and keep watering myself so i'll keep growing and stand tall," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Jerman Imbau Indonesia Jaga Keragaman Dalam Persatuan

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Koln - Beberapa warga Jerman yang memiliki hubungan spesial dengan Indonesia selalu mengikuti perkembangan Tanah Air secara seksama.

Lantas bagaimanakah pandangan mereka terhadap Indonesia kini?

Indonesia sebagai suatu negara tak hanya mengundang perhatian warganya namun juga beberapa warga asing. Di Jerman contohnya terdapat organisasi yang menjadi simbol hubungan baik antar kedua negara.

Deutsch Indonesische Gesellschaft - DIG (Persahabatan Jerman Indonesia) telah didirikan sejak tahun 1950 di kota Köln untuk mempromosikan kontak bilateral serta mencoba menjembatani kesenjangan antara Jerman dan Indonesia.

Presiden DIG Karl Mertes mengaku dirinya telah jatuh hati pada Indonesia sejak lama. Selain telah menikahi istri yang berasal dari Indonesia, ada banyak hal lain yang membuatnya warga Jerman ini kagum terhadap Indonesia.

"Banyaknya pulau, banyaknya suku serta banyaknya budaya adalah yang saya kagumi dari Indonesia," katanya seperti dikutip dari DW Indonesia, Sabtu (13/4/2019).

Namun ia sangat menyayangkan berita yang ia dapatkan tentang Indonesia akhir-akhir ini bukanlah soal kemajemukannya yang tersohor namun soal "korupsi dan intoleransi".

Bagi Karl tentu saja hal ini mengecewakan dan solusi yang ia tawarkan adalah agar Indonesia tetap memegang Pancasila dan memperkuat sistem demokrasi.

 

 

 

Jaga Persatuan dalam Keragaman

Gedung Pancasila dan Ilustrasi Bendera Indonesia (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Selain Karl ada pula Gero Simone. Penyiar stasiun radio Westdeutscher Rundfunk (WDR) di Kota Köln ini berbagi kisahnya saat pertama kali ia datang ke Indonesia 10 tahun silam.

"Saat itu saya megikuti kegiatan relawan sosial dan bekerja sebagai asisten guru pada sebuah Sekolah Dasar di Pekalongan, Jawa Tengah. Saat itu saya mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan Olahraga," katanya.

Begitu menikmatinya ia selama tinggal di Indonesia hingga ia pun merasa masih banyak nilai-nilai Indonesia yang ia jalani hingga kini. "Saya sangat tidak tepat waktu," candanya. Selain itu ia juga belajar dari Indonesia bahwa "saat sesuatu tak berjalan sesuai rencana, saya akan menghadapinya lebih santai," ujarnya. Ia mengaku hal-hal tersebut masih ia rawat dalam dirinya.

Gero pergi ke Indonesia bukan tanpa bekal. Saat studi di salah satu universitas di kota Bonn, ia juga mendapatkan pelajaran tentang Indonesia. "Apa yang diajarkan kepada kami selama kuliah adalah Indonesia merupakan negara yang sangat toleran, memiliki kaum Muslim yang sangat moderat dan sangat modern dalam hal hubungan antar agama. Hal itu juga yang saya kenal selama saya berada di indonesia," kata Gero.

"Saya sangat terkesan pada bagaimana terbukanya mereka menerima orang asing terlepas dari agamanya. Saya bahkan mengikuti ibadah Ramadahan di Pekalongan dan di sana masyarakatnya selalu terbuka," lanjutnya.

Gambaran Indonesia Berubah

Bendera Merah Putih dikibarkan suporter saat menyaksikan laga Timnas Indonesia U-19 melawan Chinnese Taipei pada penyisihan Grup A Piala AFC U-19 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Kamis (18/10). Indonesia unggul 3-1. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Namun gambaran Gero tentang Indonesia berubah ketika ia sedang di Jakarta dan saat itu terjadi demonstrasi besar terkait penistaan agama yang dialamatkan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya terkejut melihat bahwa ada ratusan ribu manusia turun ke jalan. Terlepas pada saat itu apakah tuduhan atau dakwaan penodaan agama tersebut benar atau tidak, bahwa agama bisa menggerakkan begitu banyak manusia serta meneriakkan 'bunuh dia'!"

Bagi Gero, hal tersebut merupakan kali pertamanya ia merasa takut untuk berpergian di Indonesia. "Saat itu saya tidak berani keluar atau mengunjungi pusat-pusat keramaian. Itu mengejutkan karena sebelumnya saya merasa sangat aman di Indonesia," terangnya.

Ia menganggap intoleransi yang kini terjadi di Indonesia diakibatkan situasi politik di Indonesia yang terus memanas. "Hal itu absurd karena bertentangan dengan ide dasar pendirian Indonesia bahwa kita ingin menyatukan segala sesuatu yang kita punya, segala penganut agama, kesatuan dalam keberagaman. Tanpa prinsip-prinsip ini Indonesia seperti yang kita kenal tidak akan pernah ada," katanya. 

 

 

(Wawancara dilakukan oleh Rizki Nugraha dan Geofani Anggasta)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Xiaomi Donasikan Bonus Tahunannya Sebesar Rp 13,6 Triliun

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun, mendapatkan bonus besar tahunan yang akan didonasikan untuk beramal.

Xiaomi mengatakan, Lei Jun menerima lebih dari 636,6 juta saham sebagai bonus untuk kontribusinya selama ini kepada perusahaan. Saham ini diperdagangkan di Hong Kong.

Adapun jumlah bonus tahunan yang diperoleh Lei Jun--menurut harga terkini dari saham Xiaomi, setara dengan HKD 7,54 miliar, atau setara dengan USD 961 miliar. Kalau dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp 13,6 triliun.

Faktanya belum lama ini, stok saham Xiaomi jatuh di tengah kekhawatiran tentang melambatnya permintaan produk di Tiongkok.

Hal tersebut disebabkan karena persaingan smartphone sejenis, seperti Samsung, Apple, dan saingan dari Tiongkok seperti Huawei, Oppo, dan Vivo.

Meskipun penurunan penjualan Xiaomi menurun, Lei tetap menyumbangkan bonusnya setelah memperhitungan penurunan sahamnya yang masih bernilai 11 miliar, demikian menurut laporan Forbes.

 

 

Total Pendapatan Lei Jun

Founder dan CEO Xiaomi, Lei Jun presentasi Xiaomi Mi MIX 2 di University of Technology Gymnasium Beijing, Tiongkok, Senin (11/9/2017) waktu setempat. (Doc: Istimewa)

Lalu, berapa jumlah pendapatan yang didapat orang nomor satu di Xiaomi tersebut? Jika dilihat, ternyata jumlahnya sangat besar.

Menurut informasi yang dilansir Tech Node, sebuah dokumen yang diungkap perusahaan menyebut kalau Lei Jun mendapatkan paket kompensasi 10 miliar yuan pada 2018. Kalau dirupiahkan, jumlahnya ada di kisaran Rp 21 triliun!

Salah seorang juru bicara Xiaomi juga membenarkan kalau Lei Jun adalah orang di perusahaan dengan bayaran paling besar.

Selain Lei Jun, jajaran manajemen Xiaomi lain juga mengantongi pendapatan yang tidak sedikit.

(Shintya Alfian/Jek)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Pimpin Klasemen Liga Italia dengan Meyakinkan

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus masih memuncaki klasemen Liga Italia pada pekan ke-31 dengan keunggulan 20 poin dari pesaing terdekatnya, Napoli. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mengemas 84 poin, sementara Napoli 64.

Penampilan apik Juventus di sepanjang musim membuat jarak mereka di klasemen Liga Italia dengan Napoli begitu jauh. Dari 31 pertandingan, Juventus menang 27 kali, imbang 3 kali, dan hanya kalah 1 kali.

Sementara itu, Napoli hanya bisa menang 19 kali, imbang 7 kali, dan kalah 5 kali. Alhasil, Napoli pun harus kepayahan mengejar Juventus yang berhasil tampil konsisten.

Persaingan lebih seru justru terjadi antara tim yang memperebutkan tiket ke Liga Champions. Inter Milan, AC Milan, dan Atalanta harus berjibaku demi dua tiket ke sana.

Berikut klasemen Liga Italia selengkapnya

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPU Gelar Sosialisasi Pemilu di Rumah Sakit Jiwa

Posted: 12 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPUD Solo gelar sosialisasi pemilu di rumah sakit jiwa setempat. Tercatat 77 penghuni jadi calon pemilih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SPAL vs Juventus: 1 Poin Menuju Scudetto

Posted: 12 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Ferrara - Juventus akan menghadapi SPAL di Stadio Paolo Mazza, Ferrara, Sabtu (13/4/2019) dalam lanjutan Serie A. Di laga ini, Juventus bisa saja meraih Scudetto kedelapan secara beruntun.

Si Nyonya Tua, sebutan Juventus, hanya membutuhkan satu poin saja untuk meraih Scudetto musim ini. Bila hasilnya imbang, Juventus akan memiliki 85 poin. Angka itu sudah tidak mungkin dikejar oleh Napoli, meski menyapu bersih tujuh kemenangan tersisa.

"Ini bisa menjadi hari yang luar biasa. Dan itu harus dirayakan karena Scudetto kedelapan akan menjadi sesuatu yang luar biasa," kata pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, seperti dikutip dari situs resmi klub.

Bila mengukuhkan diri sebagai juara, Allegri akan mempersembahkan lima gelar Scudetto sebagai pelatih Juventus. Hal itu menjadi prestasi tersendiri bagi Allegri, yang sempat membawa AC Milan meraih Scudetto.

"Memenangkan Scudetto bagi saya akan memberikan kebanggaan. Penting untuk bekerja di klub yang mendukung Anda dalam memenangkan lima Scudetto berturut-turut," ujar nakhoda Juventus berkebangsaan Italia tersebut.

 

Bidik Kemenangan

Juventus. (AP/Alessandro Di Marco)

Menghadapi SPAL, Juventus sangat diunggulkan dan bisa mengunci Scudetto. Sebab, dalam tiga pertemuan terakhir, Si Nyonya Tua mencatatkan dua kemenangan dan sekali hasil imbang.

Namun dalam dua pertandingan kandang terakhirnya, SPAL selalu meraih kemenangan. SPAL dipastikan bermain keras karena mereka tidak ingin terdegradasi. Saat ini, mereka berada di posisi ke-16 dengan 32 poin, hanya unggul empat angka dari Empoli yang berada di zona merah.

"Ferrara adalah kota yang indah, tempat Anda dapat menghirup sejarah SPAL. Mereka telah memenangkan dua pertandingan terakhir mereka di kandang, itu bukan pertandingan yang sederhana, tetapi kami membutuhkan tiga poin kunci untuk memastikan gelar," ucap Allegri.

 

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Inggris: Jamu West Ham, MU Bidik Kemenangan

Posted: 12 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer menargetkan kemenangan saat menghadapi West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris. Laga ini akan dimainkan di markas MU, Old Trafford, Sabtu (13/4/2019) malam WIB.

Solskajer menyebut MU harus segera memutus rentetan hasil negatif yang tengah dilalui timnya. Setan Merah (julukan MU) menang tengah berada dalam periode yang kurang baik.

Paul Pogba dan kolega kalah di empat dari lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Kamis (11/4/2019) lalu, MU kalah dari Barcelona 0-1 pada leg pertama perempat final Liga Champions.

Karena itu, Solskjaer berharap MU kembali ke jalur kemenangan saat menjamu West Ham. "Anda tidak akan pernah bahagia ketika Anda tidak memenangkan pertandingan," buka Solskjaer kepada Sportsmole.

 

Kurang Beruntung

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer. (AP/Martin Rickett)

Solskjaer menilai timnya tidak tampil terlalu buruk di lima pertandingan terakhir mereka. Namun, Solskjaer menilai ada elemen keberuntungan yang hilang dari skuat Setan Merah.

"Saat ini kami berada dalam periode di mana kami bermain melawan beberapa tim yang bagus dan saya rasa kami menunjukkan performa yang baik pada pertandingan-pertandingan itu."

"Namun, kami tidak menunjukkan kualitas dan kepercayaan diri kami di depan gawang. Itulah yang terjadi saat melawan Wolverhampton dan Arsenal, dua pertandingan di Liga, yang menurut saya seharusnya kami bisa memenangkan pertandingan itu."

 

Asah Ketajaman

Solskjaer juga menegaskan bahwa kurang tajamnya para penyerang Manchester United sudah masuk dalam catatannya.

Untuk itu Solskjaer menyebut ia sudah melakukan latihan khusus untuk para striker MU agar mereka bisa kembali percaya diri di depan gawang.

"Karena situasi itu, kami sudah melatih penyelesaian akhir kami. Sebagai seorang striker, saya tahu betul betapa pentingnya kepercayaan diri, jadi kami benar-benar melatih penyelesaian akhir kami." tandasnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kampanye di Tangerang, Sandiaga Uno Disawer Ribuan Simpatisan

Posted: 12 Apr 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno disawer ribuan simpatisan saat menghadiri kampanye akbar terakhir di Kota Tangerang, Banten, Sabtu (13/4/2019).

Sandiaga menuturkan, saat masuk ke Alun-alun Ahmad Yani untuk kampanye, ada seorang warga yang menyisipkan selembar uang di dalam saku celana sebelah kirinya. Lalu, saat sampai di atas panggung, Sandi membuka lembaran uang tersebut ternyata Rp 5.000.

"Saya sedih, ada masyarakat menyelipkan uang ini, Rp 5000, terima kasih kepada masyarakat. Ini saya tidak nilai nominalnya, tapi ini semangat masyarakat untuk Indonesia berubah," tutur Sandiaga.

Cerita Sandiaga tersebut membuat ribuan simpatisan yang berada di bawah panggung kampanye secara spontan menggulungkan lembaran uang tunai, dan langsung melemparkannya ke atas panggung.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu pun langsung memungutnya lembar demi lembar, sebelum akhirnya dibantu tim di atas panggung, yang kemudian memasukannya ke dalam kantong plastik berukuran besar.

"Terima kasih atas semangat perubahannya, terima kasih," kata Sandiaga.

Ampop Besar

Amplop untuk Prabowo-Sandiaga saat kampanye di Tangerang, Banten. (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Bukan hanya uang tunai yang disiapkan para simpatisan. Amplop besar berisi uang yang sudah disiapkan pun juga diberikan langsung kepada Sandiaga.

"Ini tuh, fenomena baru. Di mana biasanya politisi yang membagikan uang, tapi ini kita yang dapat amplop dari masyarakat yang ingin perubahan," kata Sandi.

Sandiaga mengatakan, masyarakat menyisihkan uang yang tidak seberapa nominalnya untuk berjuang bersama untuk Indonesia lebih baik.

Tim Prabowo-Sandiaga pun memamerkan amplop berukuran besar bertuliskan '1.000.000 amplop untuk Prabowo-Sandi'. (Pramita Tristiawati)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atiek CB Pilih Bernyanyi untuk Jaga Kesehatan Mental

Posted: 12 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi Atiek CB mengaku mengalami gangguan kesehatan mental sejak lama, dan menyanyi menjadi salah satu cara agar membuatnya merasa lebih baik. 

"Saya menilai menyanyi adalah satu-satunya medium yang membuat saya happy. Saya dari kecil punya depresi berat, beruntungnya saya senang menyanyi. Jadi musik menjadi medium untuk saya senang," kata Atiek CB di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Mantan istri Ronny Sianturi itu menjelaskan bahwa gangguan kesehatan mental merupakan turunan dari keluarga besarnya karena sang nenek merupakan penderita schizophrenia. Gangguan itu ternyata juga menurun pada kedua anak Atiek yang menderita bipolar dan boderline personality disorder.

"Sekarang kan lagi gencar ya soal mental illness. Dulu saya enggak tahu, tahunya pas udah di Amerika, mungkin kalau saya di treatment dari kecil, mungkin saya sukses sekolah, bisa lulus sekolah," ujar Atiek CB.

 

 

 

 

Menyendiri

Atiek CB, lama tak terlihat di industri musik tanah air karena keputusannya untuk menetap di Amerika sejak tahun 2002. Bagi para penggemar jangan khawatir karena Atiek CB akan hadir di Indonesia. (Bambang E.Ros/Bintang.com)

"Saya ternyata punya itu dari lama. Saya punya mood yang very crazy up and down-nya. Makanya saya lebih senang menyendiri, makanya saya enggak punya teman. Kadang happy, kadang sedih tapi banyakan sedihnya. Tapi setelah saya senang nyanyi, nyanyi jadi medium saya kalau lagi sedih. Itu membantu saya dalam kegelapan," lanjut pelantun "Resah" ini.

 

Social Media

Atiek CB tampil dalam konser musik bertajuk Golden Sweet Memory.

Karena sifatnya yang tertutup, perempuan yang identik dengan kacamata hitam itu mengatakan tidak suka menggunakan sosial media. Sebab dia tidak ingin hal yang bersifat personal diketahui orang lain. 

"Saya senang apa adanya, enggak mau show personal life, saya tidak suka membagikan kisah hidup pribadi saya," jelas penyanyi yang aktif di era 1980-an itu.

Pelantun "Resah" itu juga menambahkan, "Mental disorder, sekarang ini di sosial media world semakin banyak yang kena, makanya banyak yang kecenderungan bunuh diri."(Antaranews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunjukkan Toleransi Beragama, Celine Evangelista Ikut Ziarah Kubur Jelang Puasa

Posted: 12 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat, umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa, termasuk di Indonesia. Jelang puasa banyak orang yang melakukan ziarah kubur ke makam-makam keluarga besarnya, termasuk pesohor Celine Evangelista.

Meski berbeda keyakinan dengan keluarga besarnya, Celine juga berziarah ke kuburan kakek buyutnya di Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pulang ke Makassar kampung Kakek ku.. Ziarah ke makam kakek Buyut ku Haji Fadeli Luran , ke Kakek kandung ku Sultani FadeliLuran & keluarga yg lain ❤️," jelas Celine sebagai keterangan foto, Jumat, 12 April 2019.

Dalam foto yang diunggahnya itu, Celine terlihat sedang khusyuk berdoa di makam kakek buyutnya. Mengenakan kerudung pink dipadu baju hitam, ia terlihat menaburkan bunga di beberapa makam.

Celine tak sendiri saat berziarah ke makam kakek buyutnya. Ada tiga perempuan berkerudung ikut menemaninya.

"Semoga selalu dilapangkan kubur nya & diampuni segala dosanya 🙏😇 Doa kami selalu menyertai," imbuh Celine Evangelista.

Kumpul dan Makan Siang Bersama

Celine Evangelista  kumpul dan makan bersama denga keluarga besarnya (Dok.Instagram/@celine_evangelista/https://www.instagram.com/p/BwJflBVlsiF/Komarudin)

Dalam kesempatan itu, Celine Evangelista juga kumpul bersama dengan keluarganya yang muslim. Celine menjelaskan acara tersebut berlangsung di gedung Ikatan Masjid Musholla Indonesia (IMMIM).

"Kumpul Makan Siang bersama Keluarga dari Makassar di Gedung IMMIM ( Ikatan Masjid Musholla Indonesia Muttahidah ) yang didirikan Kakek Buyut ku Haji Fadeli Luran pada tahun 1963. ❤️," tulis Celine.

Unggahan Celine mendapat beragam tanggapan dalam kolom komentar akun Instagram pribadinya itu. Tak sedikit warganet yang terkejut mengetahui banyak saudara Celine yang muslim.

"Toleransi beragama yg baik 😍😍," puji akun @puriepurie33.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop, Mudah dan Cepat

Posted: 12 Apr 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan jerawat memang begitu beragam. Noda kulit, bekas luka, atau jerawat merupakan kondisi yang mengganggu sebagian orang. Jerawat dan gangguan lainnya di wajah dapat merusak penampilan.

Hal ini yang membuat beberapa orang menjadi kurang percaya diri terhadap penampilannya. Banyak perawatan wajah yang dapat menyembuhkan jerawat. Namun untuk dapat menghilangkannya, butuh waktu yang cukup lama.

Kamu pasti tak mau jerawat mengubah penampilan menawanmu di setiap momen terutama pada satu jepretan foto. Berfoto merupakan salah satu kegiatan yang paling diminati saat ini.

Nampaknya kemajuan teknologi makin memudahkan seseorang untuk memanipulasi sebuah foto. Salah satu teknologi andalan untuk memanipulasi foto adalah Photoshop.

Menghilangkan cacat kulit di Photoshop sudah lazim digunakan oleh banyak orang. Mulai dari para desain grafis di majalah, model, dan orang biasa. Photoshop menjadi penolong andalan untuk menghilangkan jerawat seketika. Dengan begitu tak ada alasan lagi untuk tidak mengunggah foto cantikmu yang bebas jerawat.

Nah jika kamu tertarik, berikut cara menghilangkan jerawat dengan Photoshop yang Liputan6.com lansir dari Envira Gallery, Sabtu(13/4/2019).

Menginstal Photoshop

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Pexels)

Photoshop merupakan sebuah software besutan Adobe yang sudah terkenal kesaktiannya dalam mmengolah gambar. Sejak 29 tahun lalu Photoshop menjadi andalan bagi para fotografer digital dan perusahaan iklan untuk mengolah gambar atau foto agar lebih menarik di mata masyarakat.

Namun, saat ini Photoshop tak hanya terbatas digunakan oleh orang-orang tersebut. Banyak orang-orang biasa yang menggunakan Photoshop untuk mengedit dan memanipulasi gambarnya. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat atau melangsingkan tubuh. Kamu juga bisa memanfaatkan software ini, lho.

Jika belum belum memiliki software ini di PC atau laptopmu, kamu bisa mendapatkan Photoshop dari situs Adobe resmi dengan membelinya. Atau kamu bisa membelinya secara offline di berbagai toko kebutuhan komputer.

Dengan beberapa tools yang tersedia pada Photoshop, kamu bisa menghilangkan cacat pada potret wajahmu. Penggunaannyapun cukup mudah jika kamu terus berlatih menggunakan software ini. Jadi, tak perlu menyewa desain grafis profesional untuk mempercantik jepretan wajahmu.

Ada beberapa tools berbeda yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda, bekas luka, atau cacat pada wajah. Untuk tutorial ini, kamu akan bekerja dengan Spot Brush Healing Tool, Healing Brush Tool, dan Patch Tool. Berikut langkah-langkah menggunakan masing-masing tool tersebut:

Spot Healing Brush Tool

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Envira Gallery)

Spot Healing Brush adalah alat terbaik untuk digunakan saat kamu harus menghilangkan noda kecil berbentuk lingkaran seperti jerawat atau tahi lalat. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka potretmu di Photoshop. Mulai dengan memilih Spot Healing Brush Tool dari toolbar di sisi kiri layar Photoshop.

Atur ketebalan brush kamu menjadi 100% dan centang tandai opsi "Sample All Layers". Sebelum bergerak maju, kamu perlu menambahkan layar transparan baru. Dengan cara ini, kamu selalu dapat kembali ke gambar aslimu jika kamu melakukan kesalahan. Untuk menambahkan layer baru, kamu bisa pergi ke Layer »New» Layer.

Untuk menjaga lapisan transparan tetap berada di panel Layers, cukup sapukan di atas titik-titik pada wajah, dan tool ini akan memperbaikinya secara ajaib. Ingat untuk memperbesar gambar sehingga kamu benar-benar dapat melihat apa yang kamu lakukan. l

Sekarang kamu dapat melihat bagaimana Spot Healing Brush memperbaiki bintik-bintik jerawat pada wajah. Spot Healing Brush Tool ini sangat cocok untuk menghilangkan noda jerawat yang tak terlalu kompleks.

Healing Brush Tool

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Envira Gallery)

Jika Spot Healing Brush tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau kurang mempan dengan noda-nodamu, kamu bisa coba gunakan Healing Brush Tool yang dapat dipilih dari toolset yang sama. Tool ini memberi kamu sedikit lebih banyak kontrol atas bagaimana kamu ingin tool tersebut memperbaiki noda yang ada.

Healing Brush Tool memungkinkan kamu untuk menyalin atau mengganti satu bagian kulit yang bernoda dengan bagian kulit yang mulus. Dengan tool ini, kamu dapat menekan Alt + Klik pada area kulit yang bagus atau mulus. Kemudian, ketika kamu menggunakan tool ini pada area yang cacat, tool ini akan mengisi area yang cacat dengan area mulus yang kamu pilih.

Patch Tool

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Photoshop (Sumber: Envira Gallery)

Jika kamu berurusan dengan area yang lebih besar, tidak melingkar, tidak rata seperti bekas luka atau tanda lahir, gunakan Patch Tool.Pertama tekan Ctrl + Alt + Shift + E untuk membuat layer gabungan cara ini diperlukan agar Patch Tool berfungsi dengan baik.

Kemudian, gunakan Patch Tool untuk menyeleksi area pada kulit tempat kamu ingin menghilangkan noda. Setelah dipilih, klik di dalam area yang dipilih dan seret mousemu ke luar area. Area ini merupakan area yang ingin kamu gunakan sebagai sampel untuk mengganti area yang bermasalah.

Ketika kamu melakukan ini, kamu akan melihat area yang kamu seleksi diisi dengan tambalan kulit dari area yang kamu drag tadi. Saat kamu puas dengan tampilannya, cukup lepaskan mouse.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungan Muhibah, Jadi Sarana Pelestarian dan Perkuat Budaya Melayu Bugis di Batam

Posted: 12 Apr 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Bugis Melayu Serumpun kembali akan melakukan kunjungan muhibah. Kegiatan yang bertujuan untuk mempereret jalinan budaya antar suku dan silaturahmi itu siap digelar di Grand I Hotel Batam, pada 27 April 2019.

Kegiatan Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun ini mengambil tema Eratkan Budaya Demi Kekuatan Bangsa. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan bahwa kunjungan muhibah akan diisi acara silaturahmi, dengan menelusuri kerabat di Semenanjung Melayu. Sekaligus ziarah ke makam nenek moyang atau para tetua adat yang masih memiliki garis keturunan.

Menurutnya, banyak sekali hikayat yang menceritakan tentang peran silsilah dan petualangan orang Bugis Makassar di negeri-negeri Melayu. Berawal dari pengembaraan Karaeng Samarluka, anak Raja dari tanah Mangkasar ke ujung tanah (Semenanjung Melaka), hingga tersebut juga peran aktif Empu Tenri Borong Daeng Rilekke bersama kelima putra dan keturunannya.

"Akibatnya, benang merah dari sebuah penjelasan sejarah yang amat penting menjadi terabaikan. Apa yang diperoleh mengenai ulasan sejarah tentang Melayu-Bugis atau Makassar sebenarnya belum utuh," ujarnya, Jumat (12/4).

Kunjungan Muhibah Bugis Melayu Serumpun ini merupakan rangkaian dari festival budaya yang selalu digelar setiap tahun. Kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu sarana komunikasi, dalam upaya pelestarian serta dokumentasi budaya dan sejarah.

"Pelestarian budaya dan sejarah merupakan aset bangsa, sebagai salah satu upaya menarik wisatawan, sekaligus memperkuat silaturahim antara masyarakat Melayu Bugis. Sisi positif lainnya, kegiatan ini diyakini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara," ungkapnya, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Dessy Ruhati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar menambahkan selain sebagai promosi budaya, perjalanan silaturahmi ini, juga dimanfaatkan sebagai jembatan untuk menyambung hubungan kekerabatan antara masyarakat Bugis dengan Melayu.

Dalam skala yang lebih tinggi, diharapkan dapat mempererat hubungan budaya Indonesia, Singapura dan Malaysia sebagai masyarakat serumpun.

"Kunjungan muhibah juga dimaksudkan sebagai napak tilas perjalanan sejarah orang-orang Bugis Makassar yang hijrah ke Kepulauan Riau, hingga akhirnya berbaur dengan masyarakat Melayu. Meski dengan latar belakang atau tradisi yang berbeda, ini justru menjadi kekuatan betapa kayanya ragam budaya Indonesia," katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, saat ini pariwisata menjadi leader pembangunan nasional. Potensi yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin, termasuk soal pelestarian budaya. Sebab, budaya memiliki impact yang bagus bagi masyarakat. Semakin dilestarikan, maka semakin menyejahterakan.

"Saya mendorong agar para penggiat budaya mampu menghasilkan daya kreasi yang bernilai komersil tinggi. Terlebih jika kreasi yang dimaksud merupakan gabungan budaya dari dua kultur yang berbeda. Pasti semakin menarik," ujarya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erwin Aksa: Prabowo-Sandi Siap Paparkan Ekonomi Realistis Saat Debat

Posted: 12 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Cilegon - Debat terakhir Pilpres 2019 akan digelar malam nanti. Pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga akan menawarkan gagasan ekonomi yang diklaim mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat saat debat nanti.

"Gagasan-gagasan yang ditawarkan Prabowo-Sandi akan bisa dikerjakan secara realistis, dan mampu dikerjakan oleh mereka sebagai pemimpin," kata pengusaha pendukung Sandiaga, Erwin Aksa usai deklarasi Aliansi Penguasaha Nasional (Apenas) Banten, di Kota Cilegon Jumat malam 12 April 2019.

Menurut pengusaha sekaligus politikus ini, debat pamungkas nanti menjadi penentu masyarakat Indonesia akan menjatuhkan pilihan capres-cawapresnya. Sehingga, akan banyak mendapat perhatian dari warga Indonesia, terutama yang memiliki hak pilih.

"Masalah ekonomi inilah yang paling penting buat bangsa kita," terang dia.

Menurut Erwin, dalam 4,5 tahun kepemimpinan Jokowi, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia cenderung diam di tempat. Tak hanya di situ, BUMN yang harusnya bersaing di luar negeri, menjadi pendapatan utama APBN hingga menaungi pengusaha dalam negeri, malah melakukan hal sebaliknya.

"Kalau ekonomi kita tumbuh, ekonomi kita maju, pasti masyarakat akan sejahtera. Akhirnya ekonomi kita digerakkan oleh BUMN tanpa pihak swasta," jelas Erwin.

Debat pamungkas yang mempertemukan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan digelar di Sultan Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019). Debat akan mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri.

 

Pengamanan

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sementara itu, Polri dan TNI akan mengerahkan 3.000 personel untuk mengamankan debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu 13 April.

Dalam debat pamungkas pilpres ini Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan beradu gagasan soal tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

"Debat sesuai jadwal KPU dilaksanakan di Hotel Sultan itu jam 20.00 WIB sampai selesai. Personel yang kita gunakan 3.000 personel TNI-Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (12/4/2019).

Dalam debat nanti, pihaknya akan membagi tiga ring untuk melakukan pengamanan. Untuk ring pertama akan diamankan oleh Paspamres, ring kedua, dan ketiga akan diamankan personel gabungan TNI-Polri.

"Masyarakat, undangan, pendukung paslon yang ditentukan KPU itu parkirnya di dalam Hotel Sultan. Ini semua sudah kita komunikasikan dengan KPU," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Real Madrid Bantah Pemberitaan Media Spanyol

Posted: 12 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Toni Kroos gerah dengan pemberitaan media yang menyebut dirinya akan meninggalkan Real Madrid. Gelandang asal Jerman itu disebut bakal angkat kaki pada bursa transfer musim panas 2019.

Sebelumnya, Kroos diklaim memilih hengkang dari Real Madrid untuk mencari tantangan baru. Apalagi, dia sudah memenangkan segalanya bersama Los Blancos.

Tak hanya itu, faktor yang jadi penyebab keinginan Kroos untuk pergi adalah karena kecewa dengan penampilannya musim ini. Kroos diklaim jenuh bermain di Real Madrid.

Apalagi, performa Real Madrid pada musim ini sangat menurut. Los Blancos terancam tanpa gelar.

 

Bantahan Kroos

Gelandang Real Madrid Toni Kroos. (AFP/Javier Soriano)

Kroos pun diyakini ingin hijrah ke Inggris. Kebetulan, raksasa Premier League, Manchester United kabarnya berminat merekrut eks pemain Bayern Munchen tersebut.

Informasi yang dilansir oleh media yang berbasis di Madrid, AS tersebut rupanya sampai ke telinga Kroos. Pemain 29 tahun itu pun langsung mengeluarkan bantahan.

Lewat akun media sosial pribadinya, Kroos merespon pemberitaan AS soal gosip kepergian dirinya dengan kata-kata tegas, "Informasi yang sepenuhnya salah!"

 

Kroos di Real Madrid

Kroos pertama kali datang ke Spanyol pada 2014 silam. Ia dibeli dari Bayern Munchen setelah ia tampil gemilang di Piala Dunia 2014 dengan membawa Jerman menjadi juara.

Sejak saat itu, Kroos langsung menjadi pemain yang krusial bagi Real. Ia sudah menjelma menjadi metronome permainan Los Blancos, di mana posisinya tidak tergantikan bersama dengan Casemiro dan Luka Modric di lini tengah Los Merengues.

Hingga kini Kroos sudah menyumbang total 14 trofi bagi Real, mulai dari empat gelar Piala Dunia Antarklub, tiga Liga Champions, dua Piala Super Eropa, serta masing-masing satu trofi La Liga dan Supercopa de Espana.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepi Sentimen Positif, Laju IHSG Lesu pada Pekan Ini

Posted: 12 Apr 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah selama sepekan. Aliran dana investor asing cenderung stabil.

Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (13/4/2019), IHSG merosot 1,07 persen dari posisi 6.474 pada Jumat, 5 April 2019 menjadi 6.405 pada Jumat 12 April 2019. Saham-saham kapitalisasi besar masuk indeks saham LQ45 cenderung turun sekitar 1,25 persen selama sepekan.

Investor asing beli saham USD 120 juta atau sekitar Rp 1,69 triliun (asumsi kurs Rp 14.102 per dolar AS).

Sementara itu, indeks obligasi susut 0,19 persen didorong kekhawatiran pelaku pasar terhadap defisit neraca transaksi berjalan pada kuartal I 2019. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun cenderung mendatar di kisaran 7,69 persen.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah ke posisi 14.120. Hingga Selasa, investor asing beli obligasi mencapai USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun. Sejumlah sentimen pengaruhi pasar keuangan global termasuk laju IHSG pada pekan ini.

Dari eksternal, sentimen perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China masih menjadi perhatian pasar.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin menuturkan, antara AS dan China banyak setuju untuk mekanisme penegakan kesepakatan perdagangan. Kedua belah pihak juga akan membangun "enforcement offices" untuk menangani masalah yang berkelanjutan.

Akan tetapi, belum jelas ketentuan mana dari perjanjian perdagangan yang akan ditegakkan dan seberapa besar kekuatan AS harus memberikan sanksi jika China ingkari perjanjian.

Para pemimpin perusahaan pun mengamati seksama untuk melihat bagaimana persis AS akan memastikan China memegang komitmennya.

 

Selanjutnya

Pengunjung tengah melintasi layar pergerakan saham di BEI, Jakarta, Senin (13/2). Pembukaan perdagangan bursa hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat 0,57% atau 30,45 poin ke level 5.402,44. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian tingkat inflasi AS juga menjadi perhatian pasar. Tingkat inflasi tahunan naik menjadi 1,9 persen pada Maret 2019 dari 2,5 tahun sekitar 1,5 persen pada bulan sebelumnya dan di atas konsensus pasar 1,8 persen.

Harga makanan naik dengan kecepatan lebih cepat sementara deflasi energi mereda. Tingkat inflasi inti yang tidak termasuk item volatile seperti makanan dan energi turun ke dua persen dari 2,1 persen pada Februari. Angka ini tepat di bawah perkiraan 2,1 persen.

Selanjutnya the Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral AS. Pejabat the Fed tidak berharap membuat perubahan pada kebijakan suku bunga pada 2019 di tengah kekhawatiran tentang negosiasi perdagangan, Brexit dan perlambatan ekonomi lebih besar dari Eropa dan China.

The Federal Reserve juga mencermati data ekonomi dan perkembangan lainnya untuk menentukan arah kebijakan moneternya terkait suku bunga.

Dari China, rilis data ekonomi inflasi menunjukkan kenaikan menjadi 2,3 persen secara year on year (YoY) pada Maret dari bulan sebelumnya 1,5 persen. Angka tersebut sejalan dengan konsensus pasar.Inflasi China merupakan level tertinggi sejak Oktober 2018, didorong lonjakan harga makanan.

Brexit

Seorang pria melintas di depan papan monitor di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Selain itu, China membukukan surplus perdagangan pada Maret 2019. Tercatat surplus perdagangan mencapai USD 32,64 miliar pada Maret 2019, berbalik dari defisit sekitar USD 5,77 miliar pada bulan sama tahun sebelumnya.

Secara YoY, ekspor naik 14,2 persen menjadi USD 198,7 miliar. Sementara itu, impor turun 7,6 persen menjadi USD 166 miliar.

Selama tiga bulan pertama 2019, surplus perdagangan melebar menjadi USD 76,3 miliar dari periode sama tahun lalu USD 54,6 miliar.

Surplus perdagangan dengan AS, merupakan pasar ekspor terbesar China menyempit menjadi USD 20,5 miliar pada Maret dari posisi USD 14,72 miliar pada periode sebelumnya.

Untuk periode Januari-Maret, surplus perdagangan dengan AS tercatat USD 62,66 miliar.

Selain itu, pelaku pasar juga mencermati Brexit.  Uni Eropa memutuskan memperpanjang waktu keputusan untuk keluar dari blok itu atau disebut Brexit menjadi 31 Oktober.

Lalu apa yang dicermati ke depan?

Ashmore melihat pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung sempit.

Sedangkan pada Februar-Maret, IHSG ditransaksikan perdagangan 40-50 poin.

Memasuki April, angka tersebut telah turun jauh. Ini bisa menjadi pasar kurang arah dan menunggu katalis utama. Namun, ketika perdagangan saham meningkat dibandingkan sideway.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Bantah Pogba Tak Konsentrasi Lagi Berseragam MU

Posted: 12 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer percaya Paul Pogba masih berkomitmen untuk MU. Manajer asal Norwegia itu bahkan menegaskan Pogba masih pemain andalan di lini tengah Setan Merah.

Rumor Pogba bakal meninggalkan MU semakin kencang belakangan ini. Maklum, Pogba sempat mengeluarkan pernyataan ingin gabung Real Madrid yang ditangani Zinedine Zidane.

Namun Solskjaer mengungkapkan rencana Pogba takkan terwujud dalam waktu dekat. Apalagi Pogba masih punya kontrak di MU hingga 2022.

"Selalu ada isu mengenai dirinya. Baik yang dibuat oleh media ataupun pihak lain," kata Solskjaer seperti dilansir Manchester Evening News.

"Namun selama saya berbicara dengannya, Pogba selalu positif. Dia sangat fokus dengan penampilannya untuk MU dan bangga bermain di sini," katanya menambahkan.

 

 

Tak Berbeda

Selebrasi manajer sementara Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer saat timnya mengalahkan Huddersfield dalam Premier League di Old Trafford, Manchester, Inggris, Rabu (26/12). Paul Pogba menyumbang dua gol. (Martin Rickett/PA via AP)

Sejak Solskjaer menjadi manajer, performa Pogba memang membaik. Ia mampu mencetak delapan gol dan lima assist dari 10 laga pertama sejak Solskjaer menjadi bosnya.

Namun ia gagal mencetak gol dalam delapan laga terakhir dan hanya mencetak satu assist. Tetapi hal ini tak terlalu dirisaukan Solskjaer.

"Saya tidak melihat perbedaan dengannya belakangan ini. Dia selalu memberikan performa terbaiknya di lapangan," ujar Solskjaer.

Jadwal

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, berduel dengan gelandang Paris Saint-Germain, Marquinhos, pada leg pertama 16 Besar Liga Champions di Old Trafford, Rabu (12/2/2019) malam waktu setempat.  (AP Photo/Dave Thompson)

Jadwal Liga Inggris

Sabtu (13/4/2019)

18:30 WIB, Tottenham Hotspur vs Huddersfield

21:00 WIB, Brighton Albion vs AFC Bournemouth

21:00 WIB, Burnley vs Cardiff City

21:00 WIB, Fulham vs Everton

21:00 WIB, Southampton vs Wolverhampton

23:00 WIB, Manchester United vs West Ham United (RCTI)

Minggu (14/4/2019)

20:05 WIB, Crystal Palace vs Manchester City

22:30 WIB Liverpool vs Chelsea

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Nyoblos, WNI di Bangladesh Dijamu Menu Bakso

Posted: 12 Apr 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Dhaka - Pemilihan umum (Pemilu) 2019 Indonesia di luar negeri telah dilakukan di Bangladesh dan Nepal.

Jumlah pemilih WNI di Bangladesh tercatat sebanyak 247 orang.

Sebanyak 186 WNI di Bangladesh melakukan pemungutan suara secara langsung di TPS 01 di Lobby gedung KBRI Dhaka. Setelah memilih, mereka disuguhi sajian mi bakso, pengobat rindu kampung halaman.

Sementara, 61 orang WNI lainnya yang berada di luar kota Dhaka telah menggunakan hak suaranya melalui pos yg surat suaranya telah dikirimkan oleh PPLN Dhaka sejak tanggal 12 Maret 2019.

Dari 61 WNI yang menggunakan hak suara melalui pos, PPLN Dhaka telah menerima surat suara kembali sebanyak 55 surat suara atau sudah 90 persen, demikian keterangan pers yang diterima oleh Liputan6.com dari KBRI Dhaka, Sabtu (13/4/2019).

Kini, PPLN Dhaka masih menunggu sisa suara kembali hingga tanggal penghitungan suara 17 April 2019.

PPLN Dhaka tidak hanya bertanggung jawab pada pelaksanaan pemilu di Bangladesh, namun juga di Nepal yang menjadi wilayah akreditasi KBRI Dhaka, Bangladesh.

Di Nepal terdapat 30 orang pemilih yang semuanya menggunakan metode pos. Dari 30 surat suara yg dikirim ke Nepal melalui pos sejak 12 Maret 2019, PPLN Dhaka baru menerima 19 surat suara kembali atau baru 60 persen.

Untuk memastikan penyelenggaraan Pemilu yang adil, jujur, bebas, dan rahasia. PPLN Dhaka dalam TPS kali ini juga melakukan live video di Facebook PPLN Dhaka dan Instagram KBRI Dhaka untuk pembukaan segel kotak suara dan surat suara, guna memastikan tidak ada satu pun surat suara yang telah tercoblos.

PPLN Frankfurt Jerman Keluhkan Belum Terima Surat Suara

Ilustrasi Pilpres (Liputan6.com/Trie yas)

Sementara itu, sejumlah surat suara berstatus telah terkirim oleh jasa pengiriman di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Frankfurt, Jerman, namun warga mengeluhkan belum menerima surat itu. Hal ini membuat mereka resah mengingat pemilihan umum serentak di Jerman.

Wilayah kerja meliputi enam negara bagian yaitu Baden-Württemberg, Bayern, Hessen, Nordrhein-Westfalen, Rheinland-Pfalz dan Saarland.

Marintan Pakpahan, warga Indonesia yang tinggal di Bonn mengatakan kepada DW meski dirinya terdaftar di Daftar Pemilih Tetap, namun hingga tulisan ini diturunkan Marintan mengaku belum menerima surat suara. Padahal menurut keterangan dari sistem pelacakan, surat itu telah terkirim pada 28 Maret 2019.

Ia menanyakan kepada PPLN perihal keberadaan surat suaranya yang berstatus telah dikirim oleh pihak jasa pengiriman tetapi hingga Rabu (10/04) sore ia sama sekali tidak mengetahui dimana keberadaan surat tersebut.

"Saya tanyakan kepada PPLN, jawabnya silakan tanyakan ke penyedia layanan pengiriman atau tetangga," ujar Marintan kepada DW. 

Hal yang sama juga dialami Standy Christianto dan Sunarti yang juga tinggal di Bonn. Status surat suara mereka dilaporkan telah terkirim namun mereka belum menerimanya.

"Saya email langsung ke PPLN dan dapat nomor lacak pengiriman, aku cek online ternyata paketnya sudah terkirim tanggal 29 Maret jam 16:53 tapi ternyata tidak ada kiriman apa pun yang datang ke rumah, padahal di rumah ada orang," ujar Sunarti.

Sunarti mengatakan dirinya akan tetap berupaya supaya dapat memilih dan berencana mendatangi TPS pada tanggal 13 April mendatang. "Apapun risikonya saya harus ke Frankfurt," kata dia.

 

Sejumlah Orang Masih Belum Terima Surat Suara

Ilustrasi Pilpres (Liputan6.com/Trie yas)

Hal senada juga diungkapkan oleh Standy yang mengatakan akan terus berusaha agar bisa mencoblos. Standy pun mempertanyakan keputusan PPLN Frankfurt yang mengirimkan dokumen surat suara lewat jasa pelayanan tertentu yang menurutnya memiliki kualitas kurang baik, sementara PPLN lain di Jerman mempergunakan layanan pengiriman yang berbeda.

Seorang warga yang aktif mengawasi jalannya pemilu, Chandra Sedyaleksana, mengaku menerima laporan dari warga di wilayah kerja PPLN Frankfurt terkait masalah ini.

"Total ada laporan dari 67 warga di daerah Köln, Bonn, Aachen, München dan Düsseldorf yang belum menerima surat suara, sebanyak 50 orang dari mereka terdaftar di DPT. Mereka mendapat laporan bahwa surat suaranya telah dikirim lewat jasa pengiriman dan berstatus telah terkirim. Data benar, alamat benar, tetapi tidak dapat surat," ujar Chandra.

Selain itu, WNI di Jerman lainnya, Chandra mengatakan ada 13 laporan yang sama dari Heidelberg, 12 dari Frankfurt dan 26 di wilayah Stuttgart.

"Kami terus berkomunikasi dengan Panwaslu dan PPLN Frankfurt agar masalah ini dapat terselesaikan semaksimal mungkin," kata Chandra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Segera Menikah, Ini lelaki yang Pernah Dekat dengan Siti Badriah

Posted: 12 Apr 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dikabarkan Siti Badriah akan menikah dengan kekasihnya, Krisjiana Baharudin setelah lebaran tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Ekspor Nanas ke Spanyol dan Pisang Lampung ke China

Posted: 12 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukti dari kerja nyata Kementerian Pertanian (Kementan) dalam akselerasi ekspor komoditas pertanian sangat luar biasa. Beberapa diantaranya adalah ekspor pisang segar ke China dan nanas kaleng asal Lampung ke Spanyol.

Pelepasan itu dilakukan Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi bersama Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil di Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Jumat malam (12/4).

Suwandi mengatakan ekspor merupakan salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan neraca perdagangan dan mendatangkan devisa negara.

"Sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, agar ekspor semakin kencang, kami terus mendorong membangun kawasan buah dan sayuran berkualitas untuk genjot ekspor," jelasnya.

Dirjen penggemar pangan lokal ini menekankan ekspor hortikultura terus didorong dan ditingkatkan karena potensi sangat luar biasa. Selain itu juga agar terus direplikasi di wilayah lainnya se Indonesia.

Melansir data BPS, volume ekspor nanas 2018 sebesar 228.537 ton naik 8,80 persen dibandingkan 2017 sebesar 210.046 ton. Pada 2019 target ekspor lebih tinggi lagi atau naik sekitar 30 persen.

"Eksisting ada 65 negara tujuan ekspor adalah Jepang, Hongkong, Korea, Taiwan, China, Singapore, Malaysia, Brunei, Vietnam, India, Pakistan, Srilanka, Iran, Timur Tengah, Eropa, Amerika, Australia dan lainnya dengan nilai ekspor nanas 2018 sebesar Rp2.77 triliun. Pada Januari-Februari 2019 ekspor nanas 32.053 ton," jelasnya.

Lebih lanjut Suwandi menyebutkan produksi nanas Indonesia 2018 sebesar 1,85 juta ton dengan luas areal 53.800 hektar. Produksi naik 0,1 persen dibandingkan 2017 sebesar 1.84 juta ton.

Beberapa sentra produksi nanas adalah Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Timur, Lampung Tengah, Subang, Pemalang, Purbalingga, Kediri, Blitar, Lombok Timur, Kuburaya, Kutai Kertanegara, Majene, Bulukumba, Sinjai, Wajo, Bolmong, Ogan Ilir, Prabumulih, Simalungun, Kampar, Muaro Jambi, Muara Enim dan lainnya.

"Nanas disukai konsumen baik dalam bentuk segar maupun olahan. Nanas mengandung vitamin C, B1, Potasium, Mangaan, Bromelain bagus untuk kesehatan," terang Suwandi.

Masih di tempat yang sama, Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mendukung akselerasi ekspor melalui kegiatan AGRO GEMILANG (Ayo Gerakkan Ekspor Pertanian Generasi Milenial Bangsa).

Dalam bentuk pendampingan dan bimbingan teknis pada petani dan calon eksportir, khususnya para pemuda milenial agar dapat ikut terjun meningkatkan eksportasi komoditas pertanian yang sesuai persyaratan negara tujuan.

"Langkah terobosan yang dilakukan pemerintah adalah menerbitkan Permentan sebagai payung hukum untuk bekerja menggarap eksportasi. Permentan Nomor 19 Tahun 2019 sudah ditandatangai Menteri Pertanian pada 2 April 2019," ujarnya.

Ali Jami menjelaskan Permentan tersebut bertujuan agar semua bersama untuk bekerja menggarap akselerasi dan pengembangan eksportasi. Salah satu regulasi dalam persaingan global yang digunakan sebagai non tarif barrier adalah Sanitary and Phytosanitary (SPS).

"Persetujuan SPS merupakan persetujuan yang mengatur kebijakan terkait dengan perlindungan kesehatan makanan (food safety) hewan dan tumbuhan," jelas dia.

Pelepasan ekspor ini dihadiri Direktur External Affairs and Government Relations PT. Great Giant Pineapple (GGP), Welly Soegiono selaku tuan rumah. Hadir juga Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung, Taufik Hidayat, Anggota Komisi IV DPR RI, Sudin, dan pihak Bea Cukai.

Welly mengungkapkan perusahaannya mulai melakukan ekspor pisang dan nanas pada 1985. Lalu pada 2018 sudah ekspor nanas sebanyak 17 ribu kontainer dalam bentuk fresh fruit dan kalengan. Tentunya hal ini tidak mudah, namun penuh dengan perjuangan.

"Untuk tahun ini kami proyeksikan ekspor nanas kurang lebih menjadi 23 ribu kontainer," ungkapnya.

Dengan eksisting ekspor nanas ke 65 negara, Welly optimis pasar ekspor terbuka lebar dengan sinergi dan kerjasama dengan pemerintah.

Kemudian dipermudah lagi dengan pihaknya telah mendapatkan fasilitas sub kontrak kawasan berikat yang diberikan oleh Ditjen Bea dan Cukai yang merupakan fasilitas pertama yang diberikan di Indonesia. Kelompok tani binaan GGP juga menjadi kelompok tani pertama pemanfaat fasilitas ini.

"Manfaat yang kami terima adalah akses kemudahan bagi petani untuk mendapatkan pupuk, insektisida murah, tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan petani," jelas manajer yang memiliki 23 ribu karyawan itu.

Perlu diketahui, dalam pelepasan ekspor ini sekaligus dilakukan penyerahan sertifikat phytosanitory untuk pisang segar dan nanas kaleng kepada eksportir. Sertifikat dikeluarkan Badan Karantina Pertanian, Kementan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 4 Manfaat dari Berlibur

Posted: 12 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Empat dari 10 orang tidak mempergunakan hak cuti mereka untuk berlibur karena takut pekerjaan akan menumpuk, menurut sebuah studi tahun 2014 dari U.S. Travel Association, Project: Time Off.

Padahal kerja berlebihan dapat berisiko buruk bagi kesehatan. "Masalahnya kita menjadi stres dan bekerja secara tidak efisien. Kita perlu melepaskan diri dan mengisi kembali energi tubuh." kata seorang psikoterapis dari District of Columbia, Amerika Serikat bernama Karen Osterle.

Osterle menambahkan, "Ketika salah satu bagian sistem tubuh tidak seimbang, fisik kita akan menderita. Bukan hanya fisik, kegiatan seperti makan, olahraga, dan psikis bisa menjadi buruk apabila kita tidak meliburkan diri dari pekerjaan."

Seperti dikutip dari US News Health, berikut manfaat berlibur bagi tubuh:

1. Menghilangkan stres

Mulailah liburan dengan meningkatkan hubungan dengan diri sendiri. "Jika tidak bisa mengambil hari libur, luangkan beberapa menit untuk berjalan-jalan di taman," kata Osterle.

Selain berjalan-jalan, meditasi juga dapat membantu berkonsentrasi pada pernapasan perut, membantu mengurangi stres dan kecemasan, menurut The American Institute of Stress pada tahun 2012.

 

2. Mengurangi kecemasan

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Seorang psikolog bernama Dr. Jennifer Wolkin dari NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat menyatakan bahwa penting untuk menyeimbangkan pekerjaan dan waktu istirahat untuk mengurangi kecemasan.

"Ketika istirahat dari pekerjaan, hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas dan membuat kita merasa bebas dalam hidup." katanya.

3. Memberi energi

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Menurut Ketua Dewan National Sleep Foundation, Max Hirshkowitz, kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi mudah tersinggung, lelah, bahkan membuat kinerja pekerjaannya menjadi negatif.

"Tidur yang cukup bermanfaat memberikan energi, kesehatan, semangat, dan kebahagiaan." katanya. 

Saat berlibur, waktu tidur seseorang juga menjadi lebih banyak dari biasanya. 

4. Memperbaiki hubungan dengan orang lain

Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Sebuah survei Project: Time Off yang dilakukan U.S. Travel Association, menemukan bahwa sebanyak 1.214 orangtua di Amerika Serikat melewatkan masa-masa perkembangan anaknya, karena sibuk bekerja.

"Liburan memberi kita koneksi tidak hanya pada diri sendiri, tetapi juga orang yang kita cintai," kata Osterle. 

 

Oleh: Dara Elisabeth

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga dan Spesifikasi Huawei P30, Sudah Bisa Diorder Mulai Sekarang

Posted: 12 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Huawei P30 memang benar-benar sudah ditunggu perilisannya bagi para pecinta ponsel pintar. Setelah diluncurkan pada Selasa (26/3/2019) lalu di Paris, Huawei P30 kini sudah bisa mulai dipesan dari 12-19 April lewat e-commerce.

Huawei sebagai smartphone besutan Negara Tiongkok semakin menggebrak dalam teknologi swafoto. Dengan menghadirkan seri Huawei P30 yang berbekal kamera depan 32 MP dan 3 kamera belakang 40 MP, tentu akan menjadikan pengalaman berfoto makin mengasyikan.

Huawei P30 dibanderol dengan harga sekitar Rp 10 jutaan dan bisa langsung dibeli lewat Lazada. Dari pembelian Huawei P30 ini kamu akan mendapatkan bonus seperti cashback dan aksesori, misalnya Huawei Smartband 3 Pro, JBL Go, atau Bluetooth speaker.

Nah semakin penasaran kan dengan spesifikasi Huawei P30 ini? Berikut spesifikasi Huawei P30 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/4/2019)

Spesifikasi Huawei P30

Mengusung desain notch atau poni di tengah layar, Huawei P30 berbekal kamera depan 32 megapiksel dengan bukaan f/2.0. Kamera belakang dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera 40 MP (f/1.8, lensa wide), 16 MP (f/2.2, lensa ultra-wide), dan 8 MP (f/2.4, lensa telefoto). Menggunakan chipset Kirin 980, dilengkapi sistem operasi Android 9.0 Pie dan EMUI 9.1.

Ada sesuatu yang baru, yaitu pemindai sidik jari sudah berada di dalam layar. Huawei P30 memiliki bentang layar 6,1 inci. Anda pun bisa memilih 5 varian warna apik antara lain breathing crystal, amber sunrise, aurora, pearl white, dan black.

Ruang penyimpanannya untuk P30 dibekali dengan RAM 6 GB dengan pilihan memori 128 GB. Kapasitas baterai, yakni 3.650 mAh di Huawei P30, untuk pengisian dayanya masih menggunakan tipe USB yang biasa digunakan pada smartphone lainnya, serta P30 juga menyediakan jack audio 3.5 mm.

Order Huawei P30

Richard Yu CEO Huawei Consumer Business Group memamerkan Huawei P30 dan P30 Pro. (Foto: Huawei)

Menanggapi respon positif masyarakat, Huawei Indonesia secara sigap memberikan informasi lanjutan mengenai peluncuran produk terbarunya itu. Melalui cuitan Twitter, @HuaweiMobileID mengungkapkan tanggal pre-order ketiga seri Huawei P30 yaitu dari P30, P30 Pro, dan P30 Lite.

Dalam cuitannya, Huawei Mobile ID membagikan kabar bahagia tersebut, dengan menuliskan,

"Dear Huawei Fans, Dengan bangga kami perkenalkan kepada kalian semua, #HuaweiP30 Dengan membawa teknologi canggih dan mutakhir pada kemampuan kameranya, kami ingin mengajak Anda sekalian untuk menulis ulang aturan dalam dunia fotografi"

Tanggal 12 April tersebut diperuntukkan khusus bagi Anda yang ingin mencicipi ponsel pintar ini lebih awal. Pemesanan dapat dilakukan melalui e-commerce yang dipercaya Huawei, seperti Lazada, Erafone, serta bisa juga melalui Huawei High End Experience Shop.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Warga Suku Anak Dalam Masuk Islam

Posted: 12 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi - Sebanyak 22 orang warga Suku Anak Dalam (SAD) yang bermukim di Desa Padang Kelapo, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari, resmi memeluk Islam, setelah mengucapkan dua kalimat syahadat yang digagas oleh Kejaksaan tinggi (Kejati) Jambi bersama Mualaf Center Indonesia Regional Jambi.

Prosesi pengucapan dua kalimat syahadat oleh puluhan warga SAD tersebut dipimpin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Batanghari, Zaharaduin AK pada, Kamis (11/4/2019) dengan disaksikan Bupati Batanghari, Syahirsah dan secara bergantian Zaharaudin AK membimbing warga SAD tersebut mengucapkan dua kalimat syahadat.

Rentang usia warga Suku Anak Dalam yang masuk Islam tersebut cukup bervariasi, mulai dari usia sembilan tahun hingga 48 tahun dan warga SAD tersebut berasal dari beberapa Kepala Keluarga (KK), kata Bupati Batanghari, Syahirsah di Jambi, Jumat.

Dari ke-22 warga SAD tersebut adalah Muring, Neduh, Nembai, Candak, Ngulam, Nyutut, Melampir, Guyang, Ngukur, Merdam, Normal, Ngalu, Besawang, Tegu, Maris, Nyilat, Nginda, Nyelai, Bungo Suaro. Ngadem, Muasam dan Nganggul.

Syahirsah mengatakan, saat ini terdapat 715 KK warga SAD di daerah itu dengan jumlah 3.283 jiwa. Warga SAD tersebut tersebar di lima kecamatan dan sembilan desa yakni di Desa Muaro Singoan, Singkawang, Bungku, Pompa Air, Jebak, Hajran, Bulian Baru, Jangga dan Desa Padang Kelapo.

"Masing-masing warga SAD tersebut ada yang dipimpin oleh Temenggung dan ada yang dipimpin oleh ketua adat," ungkapnya, dikutip Antara.

Pengislaman warga Suku Anak Dalam tersebut dilakukan di halaman kantor Kejaksaan Negeri Batanghari dalam rangka kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi. Usai prosesi pengislaman warga SAD dilakukan, warga SAD tersebut diberikan bantuan berupa bibit tanaman, hewan peliharaan, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Harapannya bantuan yang diberikan kepada warga SAD tersebut dapat bermanfaat, terutama untuk menghidupi keluarganya, kata Syahirsah.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pernah Jadi Korban Bullying, Jessica Iskandar Sempat Trauma

Posted: 12 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus bullying sedang serius dibicarakan masyarakat. Menyusul kasus Audrey, banyak artis-artis Indonesia yang kemudian menyuarakan pendapatnya soal kasus bullying, salah satunya adalah Jessica Iskandar.

Jessica Iskandar mengaku dirinya sempat menjadi korban bullying saat kecil. Pengalaman pahit itu ia ceritakan saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2109).

"Pernah sih, pernah banget. Jadi waktu itu aku lagi jalan sama mbak aku, lagi mau nyeberang jalan tiba-tiba ada anak-anak kecil lelaki gitu kayak langsung N****l (nyolek), itu aku shock banget sampe aku enggak berani pergi lagi tanpa naik mobil. Aku enggak berani jalan kaki," kata Jessica Iskandar.

Tak hanya sekali, Jessica Iskandar mengalami hal tersebut berulang kali, "Pernah juga waktu itu aku pulang sekolah masih SD lewat gang kecil terus tiba-tiba ada anak-anak lelaki gitu meluk aku dari belakang," lanjutnya.

 

Trauma

Coach Opens New Store (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Rupanya pengalaman tersebut begitu membekas bagi Jessica Iskandar. Malahan, ia sampai trauma karena hal tersebut.

"Aduh aku langsung takut, nangis pulang. Sejak saat itu udah enggak berani lewat situ, takut ke sekolah terus kayak pokoknya stres deh," ungkap Jessica Iskandar.

 

Dukungan Orangtua

(Instagram/inijedar)

Untungnya Jessica Iskandar mendapat dukungan yang besar dari keluarganya. Hal itu membuatnya berangsur bangkit dari rasa traumanya.

"Yang pasti dukungan orang tua sih, jadi kayak selalu dikasih semangat sama mama, dijelasin terus kayak ya udah diajarin untuk lebih berhati-hati, jangan sendirian," tutup Jessica Iskandar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Austin: Rossi Khawatirkan Cuaca Hujan

Posted: 12 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Austin - Pembalap Monster Yamaha, Valentino Rossi mengaku berharap hujan tak datang saat melakoni persiapan MotoGP Austin, Senin (15/4/2019) dinihari WIB. Pasalnya, hal itu bakal berdampak negatif pada persiapan timnya.

"Ramalan cuaca menyebut besok akan mendung. Tetapi kami berharap itu salah. Mungkin cuacanya akan bagus, tetapi jika hujan, kami akan mulai dari nol lagi," kata Rossi seperti dilansir Crash.

Rossi menambahkan, faktor cuaca sangat penting untuk melakoni balapan MotoGP di Austin. Menurutnya, cuaca hujan atau kering menentukan setelan motor yang bakal digunakan saat balapan.

"Kami harus mencoba mengerti situasinya dan kami harus menemukan setelan yang bagus untuk balapan basah. Tetapi pada dasarnya, kami berharap balapan nanti akan berlangsung dalam kondisi kering," kata Rossi.

Rossi sendiri tampil cukup baik pada dua sesi latihan bebas MotoGP Austin, Sabtu (13/4/2019) dinihari WIB. Di FP 1, pembalap berjuluk The Doctor menempati peringkat kelima, sebelum naik ke peringkat ketiga pada FP 2.

 

Alami Beberapa Masalah

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. (AP Photo/Eric Gay)

Rossi mengaku hasil itu tak terlalu buruk. Namun ia merasa tetap ada masalah pada motornya yang harus tetap diperbaiki.

"Hari ini tidak terlalu buruk, terutama di posisi ketiga, sangat bagus. Saya membuat lap yang bagus dan ini sangat penting untuk tetap berada di 10 besar," ujar Rossi.

"Kami punya beberapa masalah dengan kecepatan. Kami harus bekerja di sektor keseimbangan motor, tetapi hari ini cukup positif," kata Rossi mengakhiri.

Hasil FP2 MotoGP Amerika Serikat

  1. ^1 Maverick Viñales ESP Monster Yamaha (YZR-M1) 2m 03.857s [Lap 14/15] 336km/h (Top Speed)
  2. ˅1 Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 03.901s +0.044s [16/16] 342k
  3. ^2 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 2m 04.003s +0.146s [16/17] 340k
  4. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) 2m 04.005s +0.148s [12/14] 343k
  5. ^3 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 04.118s +0.261s [15/16] 345k
  6. ^9 Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 04.353s +0.496s [16/16] 341k
  7. ˅1 Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 04.364s +0.507s [13/15] 344k
  8. ^3 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1) 2m 04.548s +0.691s [15/15] 334k
  9. ˅2 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1)* 2m 04.589s +0.732s [14/16] 338k
  10. ^9 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* 2m 04.630s +0.773s [12/13] 337k
  11. ˅7 Andrea Dovizioso ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 2m 04.714s +0.857s [15/16] 341k
  12. ^2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2m 04.851s +0.994s [15/15] 339k
  13. = Danilo Petrucci ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 2m 04.906s +1.049s [15/16] 340k
  14. ˅5 Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 04.953s +1.096s [12/14] 343k
  15. ^2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 2m 05.020s +1.163s [16/16] 339k
  16. ^2 Jorge Lorenzo ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 05.169s +1.312s [14/16] 341k
  17. ˅1 Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 05.491s +1.634s [16/16] 338k
  18. ˅8 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 05.955s +2.098s [16/16] 339k
  19. ˅7 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) 2m 06.162s +2.305s [8/13] 337k
  20. ^1 Tito Rabat ESP Reale Avintia Ducati (GP18) 2m 06.204s +2.347s [14/15] 342k
  21. ˅1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 2m 06.276s +2.419s [14/16] 337k
  22. = Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) 2m 06.850s +2.993s [14/16] 334k

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Luhut Panjaitan Nilai Perundungan ABZ Tak Perlu Dibesarkan

Posted: 12 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan, turut berkomentar untuk kasus penganiayaan siswi SMP di Pontianak, ABZ. Menurutnya, kejadian ini tak perlu dibesar-besarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Terakhir Kampanye, Sandiaga Minta Simpatisan Kawal Suara di TPS

Posted: 12 Apr 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno menginstruksikan simpatisannya agar menjaga tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan 17 April 2019. Hal tersebut disampaikannya pada kampanye terbuka hari terakhir di Kota Tangerang, Banten.

"Ini hari terakhir selama 8 bulan saya menyapa masyarakat sebelum hari masa tenang. Bagaimana Kota Tangerang siap berjuang? Siap ke TPS?" tanya Sandiaga Uno yang langsung dijawab sorak sorai mengiyakan belasan ribu simpatisannya, Sabtu (13/4/2019).

Dia meminta simpatisannya untuk mengajak teman, kerabat, tetangga ke TPS terdekat untuk menggunakan hak pilihnya. Menurutnya, bila mau perubahan, langkah awal adalah berangkat ke TPS dan mencoblos nomor 02.

"Mau harga listrik turun, nyari kerja gampang, harga sembako serba murah, kebijakan outsourching direvisi, ayo datang ke TPS coblos Prabowo Sandi," kata Sandiaga dalam kampanyenya.

Dia juga meminta warga mengawal proses setelah pencoblosan. Mulai dari di TPS, penghitungan suara, hingga memastikan kotak suara, hingga penghitungan di KPU pusat.

Sandiaga pun sempat menyanyikan lagu religi yang berjudul 'Jagalah Hati' dengan mengubah liriknya.

"Jaga TPS jangan kau nodai, jaga TPS Indonesia adil makmur. Jaga TPS jangan kau nodai. Jaga TPS, Prabowo dan Sandi."

Dihadiri Ribuan Pendukung

Ribuan massa simpatisan calon pasangan Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno, padati alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang, Sabtu (13/4/2019). (Liputan6.com/Pramitha)

Sementara itu, ribuan massa simpatisan calon pasangan Presiden nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno, memadati alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang, Sabtu (13/4/2019). Mereka memadati Lapangan Ahmad Yani sejak malam sebelumnya.

Para simpatisan tersebut mengaku datang dari berbagai daerah. "Saya dari Mauk, Tangerang Pantura. Sekitar jam 10 malam sampai, terus tidur di masjid dekat sini," ujar Sanusi, salah seorang simpatisan.

Dia mengaku ingin bertemu langsung calon presiden pilihannya. Sebab, saat kampanye akbar di GBK pekan lalu, dia berhalangan hadir.

Jalan menuju alun-alun ditutup sementara selama kampanye berlangsung. Penjagaan polisi pun berlangsung ketat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tubruk Messi, Bek MU: Saya Tidak Sadar

Posted: 12 Apr 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Bek Manchester United (MU) Chris Smalling mengaku tidak menyadari sudah melukai Lionel Messi pada leg pertama perempat final Liga Champions di Old Trafford, Kamis (11/4/2019) lalu. Dia sudah membicarakan insiden tersebut dengan megabintang Barcelona itu.

Dalam laga MU kontra Barcelona, Smalling sempat terlihat berduel dengan Messi untuk memperebutkan penguasaan bola. Tangan bek berumur 29 tahun itu tidak terkontrol dan mengenai wajah Messi dan membuat hidungnya berdarah.

Usai laga, beberapa laporan menyebutkan cedera yang dihasilkan insiden tersebut membuat Messi dalam kondisi parah. Tapi, setelah diperiksa lebih lanjut, diketahui bahwa pemain asal Argentina itu tak mengalami kerusakan yang berarti di wajahnya.

Laga yang berlangsung di kandang MU dimenangkan Barcelona dengan skor 1-0 lewat gol bunuh diri Luke Shaw.

 

Smalling Tak Sengaja

Megabintang Barcelona Lionel Messi mendapat perawatan usai ditabrak bek Manchester United (MU) Chris Smalling pada leg pertama perempat final Liga Champions di Old Trafford, Kamis (11/4/2019). (AP Photo/Dave Thompson)

Smalling mengaku tidak sadar tangannya telah membuat Messi terluka. Ia bahkan sampai harus memberikan penjelasan kepada peraih lima Ballon d'Or tersebut setelah pertandingan berakhir.

"Ya, kami berbicara setelahnya. Saya tidak menyadarinya pada saat itu bahwa saya telah membuatnya seperti itu," kata Smalling kepada BBC Radio 5 Live.

"Tapi setelah pertandingan kami sempat berbincang singkat, berjabat tangan, dan dia berkata bahwa dirinya tahu itu hanya sebuah insiden," lanjutnya.

 

Soal Laga Kontra Barcelona

Laga itu berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk kemenangan Barcelona. Gol semata wayang skuat asuhan Ernesto Valverde itu dihasilkan oleh bek MU Luke Shaw setelah bola hasil sundulan Luis Suarez menyentuh tubuhnya dan masuk ke gawang David De Gea.

Berbicara soal pertandingan tersebut, Smalling berujar bahwa MU sejatinya mampu untuk mengejar ketertinggalan. Namun karena adanya leg kedua, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer itu tidak memaksakan diri untuk mencetak gol penyama kedudukan.

"Kami tahu bahwa kami tak bisa sepenuhnya menyerang di babak kedua karena masih ada leg lainnya. Kami harus memastikan diri untuk ke sana tanpa merasakan penyesalan dan memberikan yang terbaik demi memanfaatkan peluang yang ada," tandas Smalling.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik MV BTS feat Halsey 'Boy With Luv' yang Pecahkan Rekor

Posted: 12 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta BTS alias Bangtan Boys tentu sudah tak asing lagi bagi para K-Popers. Meskipun memulai debutnya pada 2013 silam, namun ketenaran BTS sudah tak perlu diragukan lagi. Tidak hanya di Korea Selatan saja, namun juga di negara Asia termasuk Indonesia.  

Nah, kali ini fans BTS yang bernama ARMY bisa menarik napas lega. Pasalnya, MV BTS dan Halsey yang ditunggu-tunggu dengan judul Boy With Luv sudah tayang pada Jumat (12/4/2019) sore.  

Boy With Luv menampilkan BTS dengan konsep busananya yang didominasi warna pink. Jenis outfit yang dipilih juga cukup elegan dengan kemeja dan setelan jas yang dikenakan RM dan kawan-kawan.

Telah merilis teaser kedua dari lagu terbaru mereka, Boy With Luv pada 10 April lalu, membuat Army makin penasaran dan bertanya-tanya, seperti apa sebenarnya konsep video klip RM dan kawan-kawan nantinya.

Yuk simak fakta menarik MV BTS Boy With Luv feat Halsey yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/4/2019) 

 

 

Mendapat 50 Juta View dalam Waktu 13 Jam

BTS berkolaborasi dengan Halsey dalam Boy With Luv (YouTube/ ibighit)

Rasa penasaran yang tinggi dan kecintaanya pada BTS, membuat ARMY rela streaming MV terbarunya. Pasalnya, dalam waktu satu jam MV tersebut telah ditonton lebih dari 400 ribu kali loh. 

Bahkan dilansir dari Soompi, pada 13 April pukul 7 pagi saja video musik baru BTS untuk Boy With Luv  sudah melampaui 50 juta view di YouTube, yang berarti hanya membutuhkan waktu  13 jam saja! Wah selamat ya BTS!

Boy With Luv menjadi lagu utama di album terbaru Map of The Soul:Persona. Map of the Soul: Persona adalah album mini keenam dari grup vokal pria asal Korea Selatan BTS. Album ini merupakan lanjutan dari album mereka dari tahun 2018 Love Yourself: Tear dan Love Yourself: Answer. 

 

Rekor Boyband Pre-Order Paling Banyak

Personel BTS di karpet merah Grammy Awards 2019 di Los Angeles, Amerika Serikat, 10 Februari 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Seperti dilansir dari Soompi, BTS sebelumnya memegang rekor boyband dengan pre-order paling banyak sepanjang sejarah.

Pre-order adalah jumlah pesanan album sebelum resmi dirilis. Sebelumnya untuk album LOVE YOURSELF: ANSWER, Suga dan kawan-kawan memegang rekor pre-order dengan total 1.511.910.

Kini rekor tersebut sudah dilampaui oleh album MAP OF THE SOUL: PERSONA. Untuk comeback kali ini, BTS membukukan pre-order sebanyak 3.021.822 sampai tanggal 11 April 2019 saja.

Menduduki Peringkat Pertama di Tangga Lagu

Halsey dan BTS (YouTube Big Hit)

Satu jam setelah dirilis di semua situs musik Korea, lagu andalan Boy With Luv langsung menempati posisi puncak di Soribada, Genie, Naver, Bugs, Mnet dan Flo. Sedangkan Melon, sebagai situs musik paling berpengaruh di Korea, sempat down gara-gara banyak yang mengakses.

Sudah bisa diduga, Boy With Luv sudah duduk di posisi pertama dan semua lagu di album MAP OF THE SOUL: PERSONA juga masuk ke jajaran tangga lagu tersebut. Karena Boy With Luv nomor satu di semua tangga lagu, maka BTS dinyatakan all-kill. Sekali lagi, selamat buat BTS! 

Mengalahkan BLACKPINK

BLACKPINK memukau dunia dengan Kill This Love. Berikut lirik lagunya.

Rekor sebelumnya dipegang BLACKPINK dengan MV Kill This Love yang meraih 10 juta views dalam waktu 4 jam 13 menit. Sedangkan Boy With Luv meraihnya hanya dalam waktu 2 jam 52 menit saja. Mereka pun dinyatakan sebagai MV paling cepat mendapat 10 juta views.

Rekor ini juga mematahkan rekor BTS sendiri yang awalnya dipegang "IDOL". Sebelumnya "IDOL" berhasil mencapai 20 juta views dalam 6 jam, 35 menit saja. 

 

Akan Ada Kolaborasi Bersama Ed Sheeran

Ed Sheeran disebut telah bertunangan dengan Cherry Seaborn, wanita yang sudah dipacarinya selama kurang lebih dua tahun belakangan ini. Namun kabarnya Ed membantah kabar pertunangan ia dan Cherry itu. (AFP /JAMIE MCCARTHY / GETTY IMAGES NORTH AMERICA )

Selain memberikan kejutan dengan  kolaborasinya bersama Halsey dalam lagu Boy With Luv.  BTS kembali memberikan kejutan lain untuk ARMY lewat kolaborasinya dengan penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran.

BTS dan Ed Sheeran akan membawakan lagu bertajuk Make it Right. Lagu ini akan dimasukkan ke dalam salah satu tembang jagoan dalam album Map of the Soul: Persona.

Pada Desember 2018, salah satu member BTS, Suga, sempat membuat cuitan di akun Twitter resmi mereka. Suga memajang foto teaser lagu yang sedang ia kerjakan, dan menandai Twitter Ed Sheeran dengan caption This is For You. Wah tentunya untuk kamu anak ARMY tidak sabar untuk menunggu kolaborasi bersama Ed Sheeran bukan? 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vinales Belum Puas Usai Rajai FP2 MotoGP Austin

Posted: 12 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Austin - Maverick Vinales tampil mengesankan pada sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Austin, Amerika Serikat, Sabtu (13/4/2019) dinihari WIB. Pembalap asal Spanyol itu menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 03,857 detik.

"Saya mencoba untuk sangat kompetitif, terutama untuk beberapa lap awal. Tetapi kami masih harus lebih baik," kata Vinales seperti dilansir Crash.

Kesuksesan merajai FP 2 setidaknya menjadi sinyal bagus bagi Vinales. Pasalnya, ia tampil melempem pada dua seri awal MotoGP musim ini.

Pada MotoGP Qatar, Vinales hanya bisa finis di urutan ke-7. Sementara, pada MotoGP Argentina, Vinales malah gagal menyelesaikan balapan karena kecelakaan di lap ke-24.

Hasil buruk ini berdampak kepada peringkatnya di tabel klasemen pembalap MotoGP musim ini. Rekan setim Valentino Rossi itu masih tertahan di peringkat ke-11.

"Saya kira, FP 2 hari ini sangat penting untuk fokus ke setelan dasar, karena di Argentina kami salah mengerti beberapa hal. Saya kira, kami telah bekerja keras hari ini," kata Vinales.

 

Antisipasi Hujan

Pembalap Monster Yamaha, Maverick Vinales, (AFP/Karim Jaafar)

Lebih lanjut, Vinales mengatakan, timnya harus lebih presisi di lap pertama dan lebih punya cengkeraman di atas lintasan. Pasalnya, Vinales merasa balapan akan berlangsung dalam kondisi hujan.

"Sangat penting untuk berada di papan atas hari ini karena saya kira besok akan hujan, dan kami harus memulai balapan dari depan," kata Vinales mengakhiri.

Hasil FP2 MotoGP Amerika Serikat

  1. ^1 Maverick Viñales ESP Monster Yamaha (YZR-M1) 2m 03.857s [Lap 14/15] 336km/h (Top Speed)
  2. ˅1 Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 03.901s +0.044s [16/16] 342k
  3. ^2 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1) 2m 04.003s +0.146s [16/17] 340k
  4. ˅1 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP19) 2m 04.005s +0.148s [12/14] 343k
  5. ^3 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 2m 04.118s +0.261s [15/16] 345k
  6. ^9 Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR) 2m 04.353s +0.496s [16/16] 341k
  7. ˅1 Pol Espargaro ESP Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 04.364s +0.507s [13/15] 344k
  8. ^3 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1) 2m 04.548s +0.691s [15/15] 334k
  9. ˅2 Fabio Quartararo FRA Petronas Yamaha SRT (YZR-M1)* 2m 04.589s +0.732s [14/16] 338k
  10. ^9 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP18)* 2m 04.630s +0.773s [12/13] 337k
  11. ˅7 Andrea Dovizioso ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 2m 04.714s +0.857s [15/16] 341k
  12. ^2 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 2m 04.851s +0.994s [15/15] 339k
  13. = Danilo Petrucci ITA Mission Winnow Ducati (GP19) 2m 04.906s +1.049s [15/16] 340k
  14. ˅5 Aleix Espargaro ESP Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 04.953s +1.096s [12/14] 343k
  15. ^2 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V) 2m 05.020s +1.163s [16/16] 339k
  16. ^2 Jorge Lorenzo ESP Repsol Honda (RC213V) 2m 05.169s +1.312s [14/16] 341k
  17. ˅1 Johann Zarco FRA Red Bull KTM Factory (RC16) 2m 05.491s +1.634s [16/16] 338k
  18. ˅8 Andrea Iannone ITA Factory Aprilia Gresini (RS-GP) 2m 05.955s +2.098s [16/16] 339k
  19. ˅7 Karel Abraham CZE Reale Avintia Ducati (GP18) 2m 06.162s +2.305s [8/13] 337k
  20. ^1 Tito Rabat ESP Reale Avintia Ducati (GP18) 2m 06.204s +2.347s [14/15] 342k
  21. ˅1 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)* 2m 06.276s +2.419s [14/16] 337k
  22. = Hafizh Syahrin MAL Red Bull KTM Tech3 (RC16) 2m 06.850s +2.993s [14/16] 334k

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahyudin Tegaskan Demokrasi yang Jadi Ikhtiar Gapai Cita-Cita Bangsa

Posted: 12 Apr 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak era merebut kemerdekaan hingga saat ini, cita-cita Indonesia adalah mengantarkan rakyat menuju gerbang kemakmuran yang adil dalam kemakmuran. Demikian diungkapkan Wakil Ketua MPR RI Mahyudin. 

Mahyudin menegaskan untuk mencapai hal tersebut, hanya ada satu kata yang harus dipegang teguh dan dilaksanakan yaitu ikhtiar. Tanpa ikhtiar tidak akan mungkin cita-cita terwujud. Demokrasi adalah sebuah bentuk ikhtiar bangsa Indonesia dalam upaya mewujudkan cita-cita bersama tersebut.

"Tapi hati-hati, cita-cita bangsa tidak akan pernah terwujud walaupun berikhtiar namun ikhtiarnya salah dan tidak maksimal," katanya di hadapan sekitar 900 masyarakat kota Balikpapan dalam acara Temu Tokoh Nasional bersama Wakil Ketua MPR RI Mahyudin bertema Peran Pengusaha wanita dan UMKM Dalam Pembangunan Ekonomi Bangsa Untuk Penguatan NKRI, kerjasama MPR dengan IWAPI Kota Balikpapan, di Gedung Kesenian, kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (12/4).

Oleh karena itu, lanjut Mahyudin, agar ikhtiar bangsa terjadi maka demokrasi Indonesia butuh beberapa syarat. Pertama, demokrasi yang baik yang tidak menyebabkan biaya tinggi. Kedua, demokrasi harus menghindari potensi-potensi perpecahan.

"Terkait pesta demokrasi 2019 ini saya agak khawatir sebab yang muncul adalah kampanye-kampanye rendahan seperti fitnah memfitnah, sebar-sebar kabar hoax bukannya adu gagasan, adu ide mau dibawa kemana rakyat dan bangsa ini kalau anda terpilih, kampanye cerdas itulah yang dibutuhkan rakyat," ujarnya.

Kampanye yang cerdas dan mencerdaskan dikatakan Mahyudin sangat dibutuhkan rakyat. Misalnya membahas tentang akses investasi dan berusaha atau berbisnis yang memudahkan dan tak mempersulit.

Hal itu diperlukan agar dapat berdampak luas buat rakyat yakni meningkatkan daya beli dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan. Itulah kampanye cerdas yang semestinya menjadi 'jualan' para tim kampanye.

Tapi ditegaskan Mahyudin jika tim-tim kampanye tetap melakukan kampanye tidak cerdas, maka rakyat yang harus menunjukkan kecerdasan dalam berdemokrasi.

Caranya dengan berpartisipasi aktif dalam pemilu serta memilih sesuai hati nurani yang dianggap mampu membawa bangsa ini menuju cita-cita bersama, tidak tergiur money politic, tidak terbawa hoax dan fitnah.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahas Investasi di Debat Pamungkas Bakal Jadi Katalis Pasar Saham

Posted: 12 Apr 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Debat kelima calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) 2019 akan berlangsung pada Sabtu malam (13/4/2019).

Debat terakhir ini akan mengusung tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. 

Direktur Riset dan Investasi Kiwoom Sekuritas, Maximilianus Nico Demus mengatakan, debat terakhir capres dan cawapres akan sangat menentukan gerak indeks harga saham gabungan (IHSG) ke depan di bursa saham.  Lantaran, salah satu sub-tema yang akan dibahas pada sesi debat itu ialah mengenai investasi.

"Ada kemungkinan untuk mempengaruhi iklim investasi. Karena bagi kami yang bergerak di bidang capital market, investasi dan ekonomi jelas pilihan utama," tutur dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (13/4/2019).

Meski begitu, dirinya belum bisa memastikan bagaimana iklim investasi di pasar modal usai debat terakhir berlangsung.  "Apakah Jokowi atau Prabowo yang terpilih, namun yang pasti after quick count akan menjadi penentu gerak indeks berikutnya," ucap dia.

 

Melihat Prospek Laju IHSG Saat Tahun Politik

Pengunjung melintas dekat layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) tinggal hitungan hari.  Bila melihat pelaksanaan pemilu langsung sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak positif. Lalu bagaimana potensi IHSG pada 2019 yang juga merupakan tahun politik?

Bila melihat pergerakan IHSG yang dikutip dari data yahoofinance, IHSG tumbuh positif pada tahun penyelenggaraan pemilu.

Pada 1999, IHSG tumbuh sekitar 69,84 persen dari posisi 398,04 pada 30 Desember 1998 menjadi 676,92 pada 30 Desember 1999.

Selanjutnya pada 2004, IHSG menguat 44,3 persen dari posisi 693,03 pada 30 Desember 2003 menjadi 1.000,23 pada 30 Desember 2004.

Lalu kinerja IHSG meningkat 87,01 persen pada 2009. IHSG naik dari posisi 1.355,41 pada 30 Desember 2008 menjadi 2.534,3 pada 30 Desember 2009.

Selain itu, IHSG menguat 22,27 persen dari posisi 4.274 pada 30 Desember 2013 menjadi 5.226 pada akhir Desember 2014.

Direktur PT Panin Asset Management, Rudiyanto menuturkan, pergerakan IHSG masih akan positif pada 2019. Hal itu akan ditopang sentimen internal dan eksternal. Dari internal, diharapkan pelaksanaan pemilu dapat berkontribusi positif untuk IHSG.

Rudiyanto mengatakan, bila melihat data historis, IHSG menguat pada tahun penyelenggaraan pemilu. Hal ini mengingat ketidakpastian akan berkurang.

"Kami perkirakan IHSG akan sentuh posisi 7.200-7.400 pada 2019. Ini melihat historical pemilu, selain itu kebijakan suku bunga ditahan, dan normalisasi neraca (bank sentral AS-red) disetop juga positif untuk likuidasi. IHSG akan menguat," ujar Rudiyanto saat dihubungi Liputan6.com.

Meski demikian, Rudiyanto menuturkan, pelaku pasar juga cenderung wait and see jelang pemilu. Hal ini dilihat dari pergerakan IHSG pada kuartal I 2019. Kinerja IHSG hanya tumbuh 4,4 persen ke posisi 6.468 pada 29 Maret 2019.

Rudiyanto menambahkan, Bank Indonesia (BI) berpeluang turunkan suku bunga acuan juga menjadi katalis positif. BI diperkirakan pangkas suku bunga pada akhir 2019.

BI menurunkan suku bunga akan didorong dari inflasi tetap terkendali dan kebijakan bank sentral AS atau the Federal Reserve yang menahan suku bunga. Ia menambahkan, faktor kebijakan bank sentral AS mendominasi pergerakan IHSG.

 

Selanjutnya

Pekerja mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan Sekuritas, Jakarta, Rabu (14/11).  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil bertahan di zona hijau pada penutupan perdagangan hari ini. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji memperkirakan, IHSG sentuh posisi 6.675 dalam jangka pendek.

Memasuki awal kuartal II 2019, Nafan menilai pelaku pasar masih wait and see terutama menyambut penyelenggaran pemilihan umum (pemilu) 2019. Akan tetapi, IHSG berpotensi menguat kalau dilihat secara historikal.

"Rata-rata IHSG tumbuh 55,98 persen dari pelaksanaan pemilu 1999,2004,2009, dan 2014. Secara historical cenderung menguat. Pelaku pasar akan mulai berani masuk usai pemilu menunjukkan hasil positif," ujar dia saat dihubungi pada 4 April 2019.

Adapun sentimen lainnya yang akan pengaruhi yaitu lembaga pemeringkat internasional Fitch Rating yang menyebutkan prospek Indonesia masih stabil juga jadi katalis positif dan kategori investment grade.

Selain itu, stabilitas fundamental ekonomi Indonesia yang terjaga, meredanya sentimen perang dagang antara AS-China, dan berakhirnya rezim suku bunga tinggi bagi bank sentral dunia akan topang IHSG ke depan.

"Namun ketidakpastian Brexit, geopolitik, negosiasi perdagangan AS-China dan ancaman defisit neraca dagang akibat tergantung impor juga jadi hambatan," kata dia.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Hoesen menuturkan, pelaksanaan pemilu tidak terlalu signifikan terhadap pergerakan IHSG. Apalagi masyarakat Indonesia dinilai sudah dewasa dalam penyelenggaraan pemilu.

"2004, 2009, dan 2014 tidak ada hal signifikan. Memang ada yang lebih tinggi dan stabil setelah pemilu," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4.500 Relawan Sediakan Pijat Refleksi Gratis di Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf

Posted: 12 Apr 2019 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 4.500 para pemijat profesional dari berbagai daerah akan memeriahkan Konser Putih Bersatu yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Sabtu (13/4/2019). Konser tersebut merupakan kampanye akbar pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ketua Relawan Budiman M Nasir mengatakan, para pemijat refleksi ini secara sukarela menyediakan jasa gratis untuk para pendukung Jokowi-Ma'ruf yang menghadiri kampanye akbar.

"Pijat gratis ini akan disebar di berbagai titik di sekitar GBK. Di antaranya di tribun-tribun Stadion Utama, tenda-tenda medik, tenda stand bazaar, serta samping barikade di wilayah parkir timur," kata Nasir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu pagi.

Tak hanya di GBK, para relawan pasangan 01 dari berbagai penjuru Indonesia juga akan memadati ruas jalan Sudirman-Thamrin. Kedatangan mereka sebagai bentuk dukungan kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Antusias sangat tinggi, mereka dengan rela mengorbankan waktu, tenaga dan biaya," ujar Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Erick Tohir.

40 Ribu Personel Gabungan

Pendukung pasangan capres cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mulai memadati GBK, Jakarta. (Liputan6.com/ Ady Anugrahadi)

Capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf akan menggelar kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Kampanye akbar akan dilakukan beberapa jam sebelum keduanya menjalankan debat Pilpres 2019 terakhir di Hotel Sultan, Senayan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menggandeng sejumlah organisasi masyarakat dalam mengamankan kampanye yang dilakukan oleh Jokowi-Ma'ruf.

"Kegiatan kampanye yang dilaksanakan capres 01 yaitu Sabtu besok. Kegiatan itu dilaksanakan di GBK Senayan dan kemudian kita menurunkan 40 ribu personel gabungan dari TNI-Polri, Pemda dan ada sebagian dari ormas seperti FBR, LMP, Pemuda Pancasila (PP), banser dan sebagainya," kata Argo di Polda Metro Jaya, Jumat (12/4/2019).

Argo menjelaskan, untuk kegiatan kampanye nanti, pihaknya hanya membuka beberapa pintu masuk saja. Beberapa pintu masuk tersebut yakni pintu 2, 5, 6, 7, 10, dan 11.

"Sedangkan pintu 3, 4, 8, 9, 13 kita tutup, untuk calon atau VVIP ada di pintu satu," ujar dia.

Terkait pengamanan, pihaknya akan melakukan pengamanan yang dibagi menjadi empat ring. Untuk ring pertama, pengamanan akan dilakukan oleh Paspampres di lokasi utama.

"Ring dua ada di sekitar stadion GBK diamankan TNI-Polri, ring 3 pintu-pintu masuk ke GBK. Pintu masuk itu di sana personel akan jaga di sana. Ring 4 itu adalah berkaitan dengan lalu lintas di jalan, itu akan diatur Ditlantas Polda Metro Jaya dan jajarannya," ucap Argo

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih AC Milan: Kualitas Lazio Seperti Juventus

Posted: 12 Apr 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Milan - AC Milan akan menjamu Lazio dalam lanjutan Liga Italia di San Siro, Minggu (14/4/2019) dini hari WIB, dengan modal buruk. Dari lima laga terakhirnya, Krzysztof Piatek dan kolega hanya mencatat satu kemenangan.

Hasil buruk seperti itu jelas tidak bakal membantu perjuangan AC Milan untuk bisa finis di empat besar Liga Italia musim ini. Padahal, harapan mereka sejak awal kompetisi adalah ingin bisa tampil pada ajang Liga Champions musim depan.

Menurut pelatih AC Milan Gennaro Gattuso kualitas Lazio tidak jauh berbeda dengan pemuncak klasemen, Juventus. Karena itu, ia meminta anak asuhnya untuk tampil sempurna agar bisa kembali ke jalur kemenangan.

AC Milan kini menempati peringkat empat klasemen dengan 52 poin. Rossoneri hanya unggul tiga poin dari Lazio yang berada tiga tingkat.

 

Lazio Mirip dengan Juventus

Serie A: AC Milan vs Lazio. (Bola.com/Dody Iryawan)

Pada akhir pekan kemarin, klub berjuluk Rossoneri itu dipaksa mendulang kekalahan atas Juventus dengan skor tipis 1-2. Walau kalah, performa Milan pada saat itu masih bisa diberi acungan jempol. Bahkan, mereka sempat unggul lebih dulu di babak pertama.

Performa seperti itu yang diharapakan Gattuso dari anak asuhnya saat menghadapi Lazio pada akhir pekan mendatang. Sebab di mata pria berumur 41 tahun tersebut, Lazio dan Juventus memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda.

"Lazio sangat mirip dengan Juve, mereka mengisi kotak penalti dan mengandalkan kekuatan fisik. Kami harus bermain dengan kejam, kuat, dan hasrat yang besar, namun juga mencoba bermain dengan cara terbaik," tutur Gattuso seperti yang dikutip dari Football Italia.

"Saya ingin melihat performa yang sama seperti melawan Juventus, namun lebih minim kesalahan, percaya pada apa yang kami lakukan, dan bermain dengan mentalitas serta keinginan kuat," lanjutnya.

 

Tak Ingin Salahkan Wasit

Laga kontra Juventus sendiri diselimuti dengan kontroversi. Sebab sang wasit, Michael Fabbri, disebut membuat banyak keputusan yang tidak menguntungkan kepada Milan. Rumornya, Fabbri tidak akan memimpin pertandingan pekan ini karena kontroversi tersebut.

Tapi Gattuso tak memikirkan soal kontroversi tersebut. Sebab baginya, menyalahkan wasit tidak akan memberikan pengaruh apapun kepada Milan.

"Situasi wasit tak boleh dijadikan alasan. Mereka sudah cukup banyak mendiskusikan itu. Saat pemain membuat kesalahan, mereka takkan ke mana-mana dan sama halnya dengan wasit. Anda harus berpikir soal apa yang ada di lapangan," tambahnya.

"Sangat mudah untuk menjadikan mereka sebagai alasan... ada kesalahan pada dua gol yang dicetak Juve. Bila kami hanya berfokus pada keputusan wasit, hanya alasan saja yang keluar," tandasnya.

Sebagai penutup konferensi pers jelang melawan Lazio tersebut, Gattuso menampik pertanyaan wartawan soal masa depannya di Milan. Ia menyebut isu pemecatannya yang selama ini digaungkan tidak tepat.

"Saya senang, saya punya dua tahun sisa di kontrak dan tujuan kami adalah kembali ke Liga Champions," tandasnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Kuli Bangunan Saat Angkut Pasir Ini Endingnya Bikin Auto Emosi

Posted: 12 Apr 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan dalam bidang konstruksi bangunan, tentu sangat membutuhkan fokus dan keseriusaan. Tidak hanya tenaga, namun juga memperhatikan efisiensi pekerjaan.

Hal itu karena suatu proyek pekerjaan pasti ada tenggat waktu yang ditentukan, sehingga pekerjaan harus selesai tepat waktu dengan biaya yang sudah disesuaikan. Di balik orang-orang yang bekerja membangun suatu bangunan, tentu ada peran kuli bangunan.

Peranan kuli bangunan tak kalah penting dari seorang tukang, karena kuli bangunan yang terampil turut membantu kelancaran proses pembangunan. Sehingga pekerjaan bisa cepat selesai sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Baru-baru ini, ada sebuah video yang beredar di mana seorang kuli bangunan yang sedang memindahkan material bangunan. Video ini malah bikin perut terkocok bagi yang menontonnya, karena tingkah laku kuli bangunan tersebut.

Berikut video kuli bangunan yang Liputan6.com kutip dari akun Twitter @depresionistaa, Sabtu (13/4/2019).

Aksi Kuli Bangunan Saat Angkut Pasir

 

Video ini diunggah oleh akun media sosial Twitter @depresionistaa pada, Rabu (10/4/2019). Dalam video tersebut tampak dua orang kuli bangunan sedang angkut material pasir. Namun salah seorang kuli bangunan tersebut ada yang mengangkut pasir dengan sekop ke dalam wadah kecil yang berada di dalam kereta dorong.

Dengan backsound lagu sedih, kuli bangunan tersebut memasukkan pasir dari sekop ke wadah kecil yang berada di dalam kereta dorong. Kemudian ia malah memindahkan pasir dari wadah kecil ke dalam kereta dorong yang ujung-ujungnya membuat penonton emosi karena sangat lucu. 

Tentu saja video ini membuat netizen turut tertawa bercampur kesal karena aksi yang dilakukan kuli bangunan tersebut. Suatu pekerjaan yang kurang efisien namun membuat siapa saja tertawa melihat aksinya.

Berikut komentar dari beberapa netizen:

"Awalnya dikira akan ada sebuah kejadian tak terduga, ternyata kuli bangunan tersebut melakukan sebuah pekerjaan yang dianggap tidak efisien dan ribet seperti cewek," ungkap seorang netizen.

"Pantes gua masang ubin diruma bisa sampe seminggu" ungkap akun bernama @5uck_

"Masnya gabut bgt gasekalian pake sendok aja?;(" ungkap @alpangg yang ikut berkomentar

Ada pula yang berkomentar lebih kocak dari @MalikAzizM1 "Kalo ada yang susah, mengapa harus yang mudah?"

Bagaimana tanggapanmu?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Austin: Menanti Kejutan di Seri Ketiga

Posted: 12 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Austin - Persaingan MotoGP Austin telah dimulai tadi malam dengan latihan bebas sesi pertama dan kedua. Ini merupakan balapan ketiga musim 2019 setelah dua race pertama dilangsungkan di Qatar dan Argentina.

Circuit of The Americas yang terletak di Austin, Texas itu, bakal menjadi saksi persaingan tiga pembalap terkencang hingga seri ketiga MotoGP 2019, Marc Marquez, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi.

Rider Repsol Honda Team, Marquez, diperkirakan akan mendominasi balapan ini. Pembalap asal Spanyol ini, tercatat menjadi raja balapan di sirkuit tersebut. Sejak dilombakan 2013 lalu, Marquez tak pernah gagal juara di salah satu jadwal MotoGP terjauh musim ini tersebut.

Namun, upaya Marquez tentu saja bakal mendapat perlawanan dari pesaing dekatnya Rossi dan Dovizioso. Ketiganya sedang berebut puncak Klasemen MotoGP 2019.

Saat ini Marquez masih menempati urutan pertama klasemen MotoGP 2019. Posisi kedua dan ketiga dihuni Davizioso dan Rossi.

Berikut jadwal MotoGP Austin di sirkuit COTA selengkapnya:

 

 

Jadwal MotoGP

Aksi Valentino Rossi di MotoGP Argentina (Juan Mambromata/AFP)

Sabtu (13/4/2019)

02:10 - 02:55 WIB Latihan Bebas 2

21:55 - 22:40 WIB Latihan Bebas 3

Minggu (14/4/2019)

01:30 - 02:00 WIB Latihan Bebas 4

02:10 - 02: 25 WIB Kualifikasi 1

02:35 - 02:50 WIB Kualifikasi 2

21:40 - 22:00 WIB Pemanasan

Jadwal Balapan

Aksi Valentino Rossi di MotoGP Argentina (Juan Mambromata/AFP)

Senin (15/4/2019)

02:00 WIB Balapan

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Miniseri SCTV Dua Dunia Salma Season 2 Episode Terakhir Sabtu 13 April 2019

Posted: 12 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Miniseri Dua Dunia Salma season 2 memasuki episode terakhir, yaitu episode ke-13. Salma shock, rumahnya didemo banyak warga dan puluhan preman, mereka bahkan berbuat anarkis, batu-batu di lempar ke rumah Salma. Kaca-kaca pecah. Untung Sasa dan Edo sudah membawa Rara pergi dari tadi.

Pak Ardan dan Doni masih di dalam rumah. Salma dengan berani menghadang warga yang anarkis. Rio juga datang, bahkan Rio melindungi Salma yang nyaris kena lemparan batu.  Rio terkena lemparan batu dan pingsan. Warga terus mengusir keluarga Ardan dari situ. Bima melarikan Rio yang pinsan dan terluka ke rumah sakit. Salma, Ardan dan keluarganya terpaksa pergi.

Masih di Dua Dunia Salma season 2 episode final ini, Ardan menangis sedih di jembatan, ketakutanya selama ini benar-benar terjadi. Flashback: season satu saat Ardan bilang ke Salma mau cari jembatan, siapa tau masih ada yang kosong buat tinggal. Semua menangis sedih di sana. Ardan bersumpah, dia tak pernah jadi bandar narkoba. Vira dan Bu Sofie tertawa bahagia, mereka membayar orang-orang suruhannya yang tadi menghancurkan rumah Salma dan mengusir Salma.

Bima, Eno dan Pipit mencari Salma dan Pak Ardan, tetapi malam itu mereka tidak menemukannya. Di rumah Sakit, Rio yang terluka kena lemparan batu memaksa pergi dari dari rumah sakit untuk mencari Salma. Rio shock, saat menemukan rumah Salma kosong.

Bagaimana kelanjutan Dua Dunia Salma season 2 episode terakhir ini?

 

 

Salma Terharu

Adegan miniseri Dua Dunia Salma season 2 (Dok SCTV)

Rio terus mencari keberadaan Salma dengan panik, HP Salma mati, tidak bisa di hubungi. Akhirnya malam itu Rio menemukan Pak Ardan dan Salma di kolong jembatan. Rio sangat sedih dan memaksa mereka ikut. Rio malam itu menyewakan sebuah hotel. Rio terus meyakinkan Pak Ardan bahwa dia akan melakukan apapun demi Salma dan keluarganya.

Salma terharu dengan perjuangan Rio. Apalagi Rio juga membuktikan ucapannya. Rio mengatakan dengan uang asuransi dia bisa membeli rumah untuk Pak Ardan dan Salma. Bu Sinta juga mendukung semua keputusan Rio, bahkan Bu Sinta meminta Rio untuk membeli 2 rumah sederhana, satu untuk keluarga Rio dan satu untuk keluarga Salma.

Rio dan Salma mati-matian mencari bukti bahwa Ardan bukan bandar narkoba. Mereka akhrinya menemukan dalang di balik ini semua adalah Vira. Rio tak terima, dia mengumpulkan saksi dan bukti untuk menuntut Vira. Pengacara mahal dia sewa.

 

Semua Bahagia

Adegan miniseri Dua Dunia Salma season 2 (Dok SCTV)

Sementara itu Vira dan Bu Sofie shock, saat polisi menangkap mereka. Rio menuntut semua kesalahan Vira selama ini. Bu Sofie dan Vira akhirnya dipenjara. Salma sebenarnya meminta Rio melupakan dan memaafkan Vira, tetapi Polisi memang menemukan banyak masalah pada keluarga Vira, sehingga Vira dan Bu Sofie tidak bisa dibebaskan begitu saja.

Vira dan Bu Sofie kena batunya. Bima terus membantu Rio untuk meyakinkan Salma. Bima juga meminta bantuan Eno, Pipit yaitu sahabat Salma. Bima bahkan meminta bantuan Dewi yang selama ini menjadi pembantu di rumah Rio. Bima juga meminta bantuan Sasa, Edo dan Doni adik-adik Salma untuk meyakinkan Salma bahwa Rio adalah lelaki terbaik untuk Salma.

Melihat ketulusan Bima dan Rio, akhirnya Salma meminta ijin pada Ardan, ayahnya untuk menerima lamaran Rio. Ardan setuju saja, kalau itu pilihan Salma. Apalagi Bu Sinta selama ini juga sudah berubah menjadi tetangga yang baik. Walau kaya raya, Bu Sinta dan Rio mau tinggal di rumah kecil di dekat rumah Salma.

Akhirnya Rio dan Salma menikah dan hidup bahagia. Salma dan Rio membuka usaha laundry yang cabangnya kini sudah ada di mana-mana. Pak Ardan juga membuka restoran Ayam geprek bersama Bima, Eno dan Pipit. Semua bahagia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selundupkan Heroin di Pesawat, Awak Malaysia Airlines Dibui 5 Tahun

Posted: 12 Apr 2019 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Melbourne - Seorang pramugara Malaysia Airlines dipenjarakan karena menyelundupkan heroin ke Melbourne dalam operasi "yang dilakukan dengan sembrono" di mana ia mencoba menyembunyikan segepok narkoba yang dibungkus di balik seragamnya, sehingga menyebabkan tonjolan yang tak biasa.

Mantan anggota awak kabin, Fariq Aqbal Omar, membawa heroin ke dalam pesawat dari Kuala Lumpur ke Melbourne pada Mei 2018 untuk seorang mantan kolega dan seorang pria lain yang berjanji akan membayarnya 500 dolar Australia atau setara Rp 5 juta.

Pengadilan Victoria mengungkap, seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu (13/4/2019), pria Malaysia berusia 34 tahun itu terekam CCTV tengah berjalan kaki melintasi Bandara Melbourne dengan saku celananya dan rompi menggembung akibat 10 blok heroin murni.

Omar memasukkan narkoba itu ke dalam kopernya di kamar mandi bandara sebelum meninggalkan terminal dan naik bus bersama awak kabin lainnya.

Tetapi, ungkap pengadilan, pejabat Angkatan Perbatasan Australia meminta mereka semua kembali ke area bagasi dengan membawa barang bawaan mereka.

Omar mengambil narkoba itu dari kopernya dan mencoba menyembunyikannya di sakunya sebelum tertangkap. Ia mengatakan kepada polisi bahwa ia yakin paket itu berisi tembakau atau shisha ilegal.

Omar mengaku bersalah mengimpor sejumlah obat-obatan terlarang yang diawasi ketat dalam jumlah komersil. Pria Malaysia itu dijatuhi hukuman maksimum lima tahun dan enam bulan penjara atas tindakan tersebut.

 

Tak Bisa Dikunjungi Keluarga

Fariq Aqbal Omar, awak kabin Malaysia Airlines yang terjerat kasus penyelundupan narkoba ke Melbourne. (Facebook)

Dalam putusannya, Hakim Wendy Wilmoth mengatakan sulit untuk memahami bagaimana Omar dibujuk untuk berpartisipasi dalam aksi berisiko tinggi dengan bayaran sekecil itu.

Pengadilan mengungkap Omar memiliki seorang istri dan dua anak di Malaysia dan telah dianggap baik secara profesional dan sosial sebelum penangkapannya.

"Tindakan anda telah menghasilkan musibah yang sangat besar bagi anda," kata Hakim Wilmoth.

"Ini adalah sesuatu yang seharusnya anda pertimbangkan sebelum melakukannya."

Omar akan menghabiskan minimal tiga tahun di penjara sebelum memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat.

Istrinya pergi ke Melbourne untuk mendengarkan pembelaannya dan putusannya, tetapi pengadilan mengungkap Omar tak mungkin bisa dikunjungi lagi sebelum dibebaskan dari penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Spanyol: Barcelona Tak Terkejar

Posted: 12 Apr 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona semakin dekat untuk meraih gelar La Liga Spanyol. Klub asal Katalan itu belum terkejar di puncak klasemen.

Barcelona kini berada di puncak klasemen La Liga. Mereka mengoleksi 73 poin dari 31 laga.

Pekan ini peluang untuk menjauh dari pesaingnya juga sangat terbuka. Pasalnya, Barcelona akan menantang tim juru kunci Huesca.

Sementara di posisi kedua La Liga Spanyol masih dipegang oleh Atletico Madrid. Mereka mengoleksi 62 poin dari 31 laga.

Sedangkan Real Madrid berada di posisi ketiga klasemen dengan 60 poin. Berikut klasemen La Liga Spanyol selengkapnya:

 

Klasemen

Megabintang Barcelona, Lionel Messi berebut bola dengan bek Manchester United, Luke Shaw pada leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Old Trafford, Rabu (10/4). Barcelona menang tipis 1-0 atas MU berkat bunuh diri Luke Shaw. (AP Photo/Jon Super)

Jadwal

Bek Barcelona, Gerard Pique, berusaha menahan striker Atletico Madrid, Diego Costa, usai dikartu merah wasit pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (6/4). Barcelona menang 2-0 atas Atletico Madrid. (AP/Manu Fernandez)

Sabtu (13/4/2019)

18:00 WIB, Espanyol vs Deportivo Alaves

21:15 WIB, Huesca vs Barcelona

23:30 WIB, Atletico Madrid vs Celta de Vigo

Minggu (14/4/2019)

01:45 WIB, Sevilla vs Real Betis

17:00 WIB, Real Valladolid vs Getafe

19:00 WIB, Athletic Club vs Rayo Vallecano

21:15 WIB, Real Sociedad vs Eibar

23:30 WIB, Girona vs Villarreal

Senin (15/4/2019)

01.45 WIB, Valencia Vs Levante

Selasa (16/4/2019)

02.00 WIB, Leganes Vs Real Madrid

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Bek MU, Pelatih Barcelona: Messi Seperti Ditabrak Kereta

Posted: 12 Apr 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde kemungkinan akan mengistirahatkan Lionel Messi pada akhir pekan ini. Alasannya, Messi belum lama ini ditabrak bek Manchester United (MU) Chris Smalling hingga berdarah-darah.

Barcelona menghadapi MU pada leg pertama perempat final Liga Champions di Old Trafford, Kamis (11/4/2019) lalu. Laga ini dimenangkan Blaugrana dengan skor 1-0.

Di laga itu, Messi tidak banyak beraksi. Apalagi, setelah ia sebelumnya ditabrak oleh Smalling dari belakang.

Selain ditabrak, muka Messi juga tersambar tangan bek MU tersebut. Alhasil, hidung megabintang Barcelona asal Argentina itu sampai berdarah-darah. Namun demikian, ia tetap bermain sampai akhir laga.

 

Istirahat

Megabintang Barcelona, Lionel Messi berebut bola dengan bek Manchester United, Luke Shaw pada leg pertama perempat final Liga Champions di Stadion Old Trafford, Rabu (10/4). Barcelona menang tipis 1-0 atas MU berkat bunuh diri Luke Shaw. (AP Photo/Jon Super)

Setelah melawan MU, akhir pekan ini Barcelona harus berlaga lagi. Mereka akan menghadapi Huesca dalam lanjutan La Liga Spanyol.

Jelang laga itu, Valverde sepertinya tidak akan memainkan Messi. Sebab, La Pulga disebutnya masih merasakan efek hantaman yang kuat dari Smalling.

"Mungkin saja Messi beristirahat. Hantamannya kuat, seolah-olah ada kereta yang menabrak Anda," ucapnya seperti dilansir Goal International.

"Saya berbicara dengannya dan itu kemungkinan," sambung Valverde.

 

Suarez dan Dembele

Sementara untuk Luis Suarez, sempat ada masalah yang dihadapi pemain asal Uruguay itu jelang laga berakhir. Namun ia kemungkinan tetap bisa main.

Sementara itu, Ousmane Dembele kemungkinan juga bisa main lagi. Sebelumnya ia tumbang karena cedera hamstring.

"Ia (Suarez) baik-baik saja, tetapi pada akhir pertandingan selalu ada masalah yang kemudian muncul, tetapi kami melihatnya baik-baik saja. Itu adalah pertandingan yang sangat intens, itu normal," tuturnya.

"Besok penting bagi Dembele, bukan dalam hal menjadi penting bagi pertandingan Manchester United. Kami harus benar-benar fokus untuk mendapatkan tiga poin yang kami butuhkan."

"Saya tahu fokus dapat beralih ke laga-laga seperti yang ada di Old Trafford tetapi kami harus mempertahankan fokus mental kami pada laga berikutnya," tutup Valverde.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Daftarkan Desain Mobil Baru, Penerus MR2?

Posted: 12 Apr 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Toyota sedang menyiapkan kejutan dengan mematenkan desain mobil terbaru. Desain yang dipatenkan mengadopsi gaya coupe dan terasa akrab bagi pecinta mobil sport.

Dilansir Carscoops, desain mobil itu bisa saja untuk mobil konsep Toyota terbaru, atau bisa saja untuk pengganti Toyota MR2.

Desainnya terlihat tak terlalu menarik untuk menjadi mobil sport. Desain bagian depan dan belakangnya tampak janggal, karena terlihat tak jauh berbeda.

Desain itu juga mengindikasikan penggunaan mesin yang berada di tengah. Garis atapnya terlihat memanjang ke belakang, tapi tak menarik.

 

 

Selanjutnya

Bahasa desain desain baru Toyota itu juga disebut mengingatkan pada mobil konsep Toyota yang cukup lawas, seperti Toyota FT-CH 2010.

Desain baru ini lebih cocok jika menggunkan powertrain listrik. Tapi itu juga tak menutup kemungkinan bahwa mobil baru Toyota nanti akan memakai tenaga listrik, dengan motor listrik dipasang di belakang dan paket baterai yang terletak di bawah lantai, untuk mendapatkan pusat gravitasi yang lebih rendah.

Sumber: Otosia.com

 

Bukan Sedan Elegan, Konsumen Indonesia Ingin Model Sporty

Pasar sedan di Indonesia memang tak terlalu menggiurkan. Bahkan karena sedan masuk golongan mobil mewah dan dikenakan pajak 30-125 persen, alhasil harga jual sedan jadi melambung tinggi.

Kendati demikian, sejumlah brand otomotif yang ada di Tanah Air tetap mempertahankan jualan sedan. Sebab, segmen ini masih diincar, khususnya bagi mereka yang berduit dan menginginkan kendaraan dengan tampil elegan.

 

 
 

 

Bicara soal sedan bertampang elegan, menurut Executive General Manager Marketing Division PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, berdasarkan survei yang telah dilakukan Toyota, ternyata ada pergeseran selera.

"Customer kita, kini maunya mobil-mobil sedan itu look-nya lebih sporty, tampilannya bukan ke arah elegan lagi, kalau dulu kesannya mewah sekelas Mercy, tapi sekarang cenderung yang mau ambil ini sporty," ujar Soerjo saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu.

Sebaliknya, kata Soerjo, mobil dengan tampilan elegan justru dianggap sudah ke tahap 'membosankan'. Jika ingin mobil dengan tampilan elegan, maka konsumen Toyota bisa melirik mobil-mobil mewah di Lexus.

"Ini (pergeseran selera) juga kita lihat di Amerika Serikat. Memang waktu masuk ke Indonesia melalui mobil kementerian diganti Camry. Masa mobil kementerian masuknya mobil sport. Intinya mobil sedan sekarang itu inginnya lebih sporty," ucap Soerjo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartu Tani Bakal Dijadikan Dasar Penyusunan Kebijakan Kementan

Posted: 12 Apr 2019 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet). Nantinya Kementerian Pertanian (Kementan) akan menjadikan Kartu Tani sebagai kelengkapan data sebagai dasar penyusunan kebijakan. 

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana (PSP) Kementan, Sarwo Edhy mengatakan, keunggulan Kartu Tani antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan, dan multifungsi. Ketersediaan data yang lengkap dan akurat dalam kartu tani, lanjut Sarwo Edhy memiliki banyak kegunaan.

Pertama, sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi Pemerintah. Kedua, tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan. Ketiga, data kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer bagi Pupuk Indonesia.

Keempat, bagi Bulog dapat memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan, sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani.

"Keunggulan kelima adalah bagi dinas pertanian dapat mengetahui produktivitas lahan suatu daerah. Kartu Tani diharapkan menjadi era baru untuk menyejahterakan petani Indonesia," kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, terutama para petani Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang telah memanfaatkan Kartu Tani dalam waktu singkat.

Kartu Tani diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani, dan ke depannya tidak hanya penyaluran pupuk, tetapi juga bibit. Kartu Tani juga dapat menjadi alat sinergitas BUMN yang membidangi pertanian, sehingga semuanya berjalan cepat dan lancar.

"Jika ini berjalan, Insya Allah semuanya tepat waktu, sehingga petani dapat mendapatkan harga yang terbaik dan dapat semakin sejahtera."

Seperti diketahui, Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Syamsuddin Hamid telah melepas ribuan Kartu Tani (KT) di Pangkep dengan luas lahan kurang lebih 21.000 hektare (ha).

Kartu Tani mensyaratkan petani memiliki Kartu Tani untuk mendapatkan pupuk subsidi dan bantuan pemerintah lainnya. Untuk itu, Bupati Pangkep mendorong para petani di desa untuk segera menyelesaikan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang akan berfungsi sebagai database Kelompok Tani dan pembagian pupuk bersubsidi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep, Andi Sadda mengatakan Kartu Tani itu dapat digunakan petani untuk membeli pupuk bersubsidi di kios resmi yang sudah ditentukan. Selain itu juga dapat digunakan untuk meminjam modal di salah satu bank milik pemerintah.

"Kartu Tani akan berisikan kuota sesuai dengan kebutuhan petani. Jumlah dari kuota tersebut tergantung dari luas lahan yang dimiliki setiap petani. Namun, kartu tersebut tidak dapat diuangkan," jelas Andi.

Andi menambahkan dengan Kartu Tani, program pupuk bersubsidi dapat diterima petani yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan.

"Dengan Kartu Tani, pemerintah bisa mengetahui dengan tepat data petani yang membutuhkan pupuk dan jumlah pupuk yang dibutuhkan. Oleh karena itu, distribusi pupuk subsidi akan lebih tepat sasaran dan efisien," ujarnya.

Data yang dibutuhkan pemerintah tersebut didapat dari RDKK yang dibuat oleh Kelompok Tani. Sehingga pemerintah dapat mengukur secara tepat jumlah petani dan jumlah pupuk yang dibutuhkan.

"Perbaikan sistem dan validasi e-RDKK terus dilakukan untuk penyaluran pupuk bersubsidi. Sehingga nantinya pupuk bersubsidi bisa lebih tepat sasaran sekaligus sinkron dengan databaseyang akan digunakan sebagai kartu tani," jelasnya.

Namun untuk petani yang belum memiliki Kartu Tani, lanjutnya, ke depan tak diperbolehkan membeli pupuk subsidi. Akan tetapi jika sudah terdata di RDKK, walaupun tidak memiliki Kartu Tani, petani dapat membeli pupuk bersubsidi.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Obat hingga Makeup, 6 Benda yang Tak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Posted: 12 Apr 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hanya karena Anda menghabiskan banyak waktu di kamar mandi, bercukur, merias wajah, tidak berarti Anda menyimpan semua barang di sana. Ada barang-barang yang memang tak boleh disimpan di kamar mandi.

Apa saja? Melansir dari New York Post, ini dia.

1. Obat-obatan

Taruh obat-obatan di tempat seharusnya, di lemari obat-obatan. Panas dan kelembaban dari air di kamar mandi dapat mengacaukan keefektifan obat tersebut.

Bila tidak memiliki lemari obat-obatan, bisa ditaruh di meja samping tempat tidur. Tapi pastikan tidak terjangkau oleh anak-anak.

2. Makeup dan kuas makeup

Pencahayaan terbaik untuk merias wajah mungkin di kamar mandi, tapi jangan letakkan makeup di sana. Suhu tinggi, uap, dan kelembaban di kamar mandi dapat mendorong pertumbuhan jamur dan membuat produk makeup kedaluwarsa lebih cepat.

 

 

 

3. Sikat gigi

Ilustrasi sikat gigi (iStockphoto)

Pertimbangkan untuk menyimpan sikat gigi di tempat yang kering. Bila diletakkan di wastafel, terlebih tempat sampah berada tak jauh darinya, ini dapat menaikkan risiko pertumbuhan bakteri.

Sikat gigi yang ditaruh di wastafel berada di jalur langsung untuk kuman yang berasal dari orang yang mencuci tangan. Tak hanya itu, saat menyiram toilet, kuman dan bakteri akan tersemprot ke udara dan langsung menuju sikat gigi Anda.

4. Handuk basah, tikar, dan cucian kotor

Jangan letakkan handuk basah atau cucian kotor di lantai kamar mandi. Ini dapat membuat jamur tumbuh.

Biasakan taruh di tempat yang kering setelah menggunakan handuk dan mencuci pakaian secara teratur. Ini akan mengurangi sumber pertumbuhan jamur.

 

5. Buku

Ilustrasi penulis buku (trivia)

Suka membaca di toilet/kamar mandi? Tapi jangan biasakan meninggalkan buku di kamar mandi.

Kelembaban akan membuat kertas terkulai, membengkak, dan menempel bersama. Ini juga membuat jamur tumbuh di antara kertas.

6. Perhiasan

Kamar mandi bukan tempat menyimpan gelang favorit Anda atau perhiasan lainnya. Kecuali jika perhiasan Anda adalah emas murni.

Sebab, benda yang terdiri dari berbagai logam akan bereaksi lebih cepat terhadap kelembapan. Itu juga menyebabkan korosi pada benda-benda logam, sedangkan pada perak akan muncul bercak kotor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramsey Hengkang, Arsenal Tertarik Bajak Gelandang MU

Posted: 12 Apr 2019 08:00 PM PDT

London - Arsenal terus bersiap menyambut bursa transfer musim panas nanti. Terbaru, The Gunners memburu gelandang MU, Ander Herrera.

Situasi Herrera memang menggiurkan bagi klub-klub yang tertarik untuk memakai jasanya. Durasi kerja pemain 29 tahun itu dengan MU akan berakhir pada 30 Juni 2019.

Situasi itu membuatnya bisa memulai pembicaraan dengan klub lain yang berminat sejak Januari tahun ini. Alhasil, dia bisa didapatkan secara cuma-cuma pada awal musim depan.

Dengan kualitas yang dimiliki, tentu saja ada banyak klub menggoda Herrera untuk pindah, beberapa di antaranya adalah Paris Saint-Germain dan Arsenal. Dari dua klub itu, skuat Meriam London berada di posisi terdepan.

Arsenal kini sedang membujuk eks pemain Athletic Bilbao untuk pindah ke London, dan menepikan tawaran bertahan dari Manchester United atau pindah ke PSG. Nantinya, Herrera bakal disiapkan untuk jadi pengganti Aaron Ramsey yang bakal bergabung ke Juventus.

 

Manchester United Ingin Pertahankan Ander Herrera

1. Ander Herrera – Bersama Mourinho, Herrera jarang diberikan kesempatan bermain di setiap laga Setan Merah. Kedatangan Solskjaer membuat performa Herrera kembali muncul di lapangan hijau. (AFP/Geoff Caddick)

Sementara itu, manajemen Manchester United sejatinya tidak ingin kehilangan Ander Herrera pada musim depan. The Red Devils juga sudah memberikan beberapa tawaran kontrak baru kepada pemain asal Spanyol. Akan tetapi, sejauh ini belum ada kesepakatan yang terjadi.

Herrera menuntut gaji yang lebih tinggi dari yang didapatkan. Jika itu mampu dipenuhi oleh MU, dia akan bertahan dan menjadi bagian penting dari tim besutan Ole Gunnar Solksjaer tersebut pada musim depan.

Soal gaji, Ander Herrera mendapatkan tawaran yang menggiurkan dari PSG. Klub kaya asal Prancis tersebut telah siap dengan bayaran 145 ribu poundsterling per pekan, jika Ander Herrera bersedia bergabung pada musim depan.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: