Sabtu, 27 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


7 Film Kartun Lucu Masa kini, Cocok Jadi Pengisi Liburanmu

Posted: 27 Apr 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film kartun lucu merupakan tontonan yang tak pernah habis untuk dinikmati. Tak hanya anak kecil dan remaja, kartun menjadi jenis film yang paling digemari semua umur. Film kartun lucu telah mengalami berbagai perkembangan seiring munculnya beragam teknologi.

Jika dulu film kartun berbentuk 2 dimensi dan sangat sederhana, kini banyak film kartun lucu yang telah beralih ke teknik animasi 3 dimensi. Animasi 3 dimensi membuat film-film kartun ini lebih hidup dan makin digemari banyak orang.

Saat ini hampir semua film kartun mengadopsi teknik 3 dimensi. Film animasi 3 dimensi ini menjadi film kartun masa kini yang sukses membobol peringkat teratas box office dunia.

Nah, jika kamu merupakan penggemar film kartun lucu, rangkaian film-film ini harusnya tak boleh kamu lewatkan. Kamu bisa mengisi liburanmu dengan nonton film kartun lucu masa kini dengan visualisasi keren.

Berikut film kartun lucu masa kini yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2019).

Ralph Breaks the Internet

Film animasi Ralph Breaks the Internet: Wreck-It Ralph 2 atau Wreck-It Ralph 2. (sumber: Disney)

Ralph Breaks the Internet merupakan sekuel dari film Wreck-It Ralph pada 2012 silam. Film kartun lucu ini menampilkan pengisian suara dari John C. Reilly, Sarah Silverman, Jack McBrayer, Jane Lynch, Taraji P. Henson, Alan Tudyk dan Gal Gadot.

Film ini mengisahkan persahabatan Ralph dan Vanellope. Di sekuel lanjutan Wreck-It Ralph ini, Ralph dan Vanellope melakukan petualangannya di dunia Internet yang luas untuk dapat memperbaiki Sugar Rush yang rusak.

Yang menarik di film ini kamu akan menemukan banyak karakter Disney yang pernah ada. Mulai dari para Princess Disney hingga tokoh film seperti Groot.

Coco

Di sisi lain Coco menjadi film ke-empat best seller yang dirilis pada minggu Thanksgiving untuk rumah produksi Pixar. (sumber: Disney/Pixar)

Film kartun lucu COCO merupakan film animasi produksi Pixar yang dirilis pada 22 November 2017. Film COCO merupakan kisah Miguel Rivera seorang anak berusia 12 tahun yang tinggal bersama neneknya bernama Coco.

Saat Coco kecil, ia tinggal bersama sang ibu, Imelda Rivera, dan saat itu musik sangat dilarang dalam keluarganya. Namun Miguel justru diam-diam bermimpi menjadi musisi seperti Ernesto de la Cruz yang merupakan seorang bintang film dan penyanyi populer generasi Imelda.

Film ini menampilkan petualangan Miguel di Negeri Orang Mati. Ia melakukan perjalanan yang di luar dugaan untuk mencari tahu tentang sejarah keluarganya.

Di sanalah Miguel mengetahui kisah ayah Coco sebenarnya dan membuktikan kemampuan bermusik pada keluarga besar yang menentang bakatnya.

Moana

Cuplikan film Moana

Moana merupakan proyek Disney untuk mengeksplorasi sejarah, budaya, dan cerita rakyat laut Polinesia. Tokoh utama dari animasi ini adalah seorang manusia setengah dewa, Maui (didubbing oleh Dwayne Johnson) dan seorang gadis Hawaii bernama Moana (didubbing oleh Auli'i Cravalho) yang berarti lautan.

Karakter Maui dalam film ini, diangkat dari mitos yang hidup di masyarakat Hawai. Namanya, kemudian diabadikan sebagai salah satu pulau di kepulauan Hawai.

Zootopia

Film animasi Zootopia. (Ace Showbiz)

Film animasi Disney ini memecahkan rekor film terlaris di tahun 2016. Zootopia yang bertemakan tentang dunia hewan ini berhasil mencapai pendapatan global lebih dari 1 miliar dolar AS dari bioskop dunia.

Zootopia adalah film yang ramah bagi seluruh keluarga. Plot cerita dibuat dengan sagat ringan, tak perlu berpikir saat menontonnya.

Zootopia mengisahkan Judy Hopps yang diisi suaranya oleh Ginnifer Goodwin, polisi kelinci yang bekerja untuk memecahkan kasus bersama dengan rubah bernama Nick Wilde yang diperankan oleh Jason Bateman.

Cerita Judy dan Nick yang bermain 'detektif-detektifan' mencari sang penjahat yakniwhodunit, diselipi dengan sejumlah twist sehingga tak terasa menjemukan.

Inside out

Adegan Inside Out 7. Foto: time.com

Film ini akan menceritakan kisah seorang gadis cilik bernama Riley yang akan memasuki masa remaja. Ia harus mengikuti ayahnya pindah ke San Fransisco karena pekerjaan barunya.

Layaknya semua manusia biasa, Riley juga punya emosi. Lucunya, lima emosi ini jadi karakter yang lucu-lucu. Ada Joy, Fear, Anger, Disgust and Sadness.

Inside out mengisahkan gambaran emosi Riley tentang perubahan yang ia alami di tempat tinggal barunya. Lima emosi Riley juga mulai belajar berpadu satu sama lain untuk menciptakan emosi Riley yang mulai beranjak dewasa.

Big Hero 6

Big Hero 6, Walt Disney Animation Studios

Film Big Hero 6 menjadi film pertama dari produksi Disney animasi yang menampilkan karakter Marvel sejak akuisisi The Walt Disney Company dari Marvel Entertainment pada tahun 2009. Film ini dirilis pada 7 November 2014 oleh Walt Disney Pictures.

Big Hero 6 merupakan sebuah film animasi ber-genre action-comedy. Film ini berkisah tentang seorang pembuat robot jenius bernama Hiro Hamada, yang berupaya menyelamatkan kotanya dari serbuan seorang bertopeng.

Dalam perjalanannya, Hiro tidak berjuang sendirian. Ia dibantu oleh robot ciptaan kakaknya bernama Baymax, dan para sahabat di universitas, Fred, Wasabi, Honey dan Go Go Tomago. Keenam tokoh inilah yang nantinya akan dianggap sebagai Big Hero 6.

Frozen

Elsa dan Anna yang merupakan pemeran utama dalam film Frozen

Siapa yang tak kenal film kartun lucu satu ini. Frozen dibuat berdasarkan dongeng Hans Christian Andersen berjudul Ratu Salju. Film ini begitu laris dengan lagu andalannya Let It Go dan menjadi ikon film kartun lucu yang digemari para anak. Bahkan pada November 2019, Disney akan segera merilis Frozen 2.

Frozen menceritakan dua kakak beradik yatim piatu bernama Elsa dan Anna. Elsa yang sejak kecil memiliki kutukan 'es' mulai menjauhi Anna karena tak ingin kutukannya menyakiti Anna. Pada akhirnya Elsa mampu mengendalikan kutukannya dan menjadikannya sebagai kekuatan unik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Promo Minggu Ini, dari Tiket Pesawat sampai Hotel

Posted: 27 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berburu promo kiranya telah jadi aktivitas rutin yang dilakukan tak sedikit orang. Pembelian dengan rentetan penawaran ini bisa didapat di ragam kategori, mulai dari tiket pesawat, sampai kuliner, semua ada.

Salah satu yang tengah berlangsung adalah program Traveloka Epic Sale sejak Rabu, 24 April 2019. Seharusnya berakhir kemarin Sabtu, 27 April 2019, Head of Marketing Accommodation Indonesia Traveloka Shirley Lesmana memberi kabar baik bahwa program tersebut akan diperpanjang sampai Minggu, 28 April 2019.

"Dengan memberi diskon sepanjang hari hingga 70 persen, kami berharap perpanjangan waktu di akhir pekan dapat membantu masyarakat mengikuti program ini dengan lebih santai sehingga mendapatkan hasil perburuan lebih banyak untuk merealisasikan liburan berkesan," katanya lewat siaran pers yang diterima Liputan6.comSabtu, 27 April 2019.

Promo meliputi potongan harga pembelian tiket pesawat hingga 70 persen untuk maskapai dalam negeri dan 50 persen untuk maskapai internasional dengan metode pembayaran PayLater, serta potongan harga 15 persen untuk penerbangan internasional walau tanpa menggunakan PayLater.

Lalu, Anda bisa menginap di hotel dengan mendapatkan potongan harga hingga 50 persen sepanjang hari tanpa perlu menggunakan kode promo tertentu. Terdapat pula kupon diskon spesial, di mana Anda bisa mendapatkan potongan harga hingga Rp 1 juta untuk pemesaran tiket pesawat + hotel di destinasi Eropa, Amerika Serikat, dan Australia.

Anda juga bisa memanfaatkan jasa travel antar kota dan antar-jemput bandara nikmati potongan harga hingga 50 persen tanpa perlu kode promo tertentu. Bisa pula menyewa mobil dan mendapatkan potongan harga sebesar Rp 70 ribu di seluruh kota di Indonesia. 

Anda bisa makan kenyang dengan memafaatkan potongan harga hingga Rp 200 ribu untuk berbagai kuliner pilihan. Selesai makan, Anda bisa jalan-jalan dan mendapat promo potongan harga hingga 30 persen untuk produk aktivitas dan rekreasi domestik.

Kupon Khusus untuk Dapatkan Tiket Pesawat dengan Harga Menarik

Ilustrasi pesawat yang berada di dekat bendara (AFP Photo)

Promo pembelian tiket peawat dengan harga menarik juga diberikan Pegipegi bagi para pengguna aplikasi Samsung Gift. Berlaku hingga Selasa, 30 April 2019, Anda bisa mendapatkan diskon sampai Rp 1 juta tak hanya untuk tiket pesawat, tapi juga hotel dan tiket kereta api semua rute, juga maskapai.

Anda tinggal kunjungi aplikasi Samsung Gift, pilih promo Pegipegi yang diinginkan dan klik "Ambil". Setelah berhasil, klik halaman "Kupon" dan pilih promo Pegipegi yang sudah diambil. Klik "Tunjukkan Kode" dan salin kode kupon yang muncul. Gunakan kode kupon tersebut untuk pemesanan di aplikasi Pegipegi.

Periode keberangkatan dan inap promo ini berlaku kapan saja. Kode kupon diskon tiket pesawat 8 persen atau maksimal diskon Rp 100 ribu berlaku tanpa transaksi minimum. Kode kupon diskon hotel 12 persen atau maksimal diskon Rp 1 juta berlaku tanpa transaksi minimum.

Juga, kode kupon diskon tiket kereta 10 persen atau maksimal diskon Rp 20 ribu berlaku tanpa transaksi minimum. Promo ini berlaku untuk pembayaran dengan semua metode, hanya saja tak bisa digabung dengan promo lain.

Super Diskon Tiket Pesawat Sampai 70 Persen

Ilustrasi kabin pesawat (Pixabay)

Minggu, 28 April 2019 merupakan kesempatan terakhir Anda mendapatkan promo "Super Sale" Air Asia guna memperoleh diskon tiket pesawat hingga 70 persen untuk semua penerbangan domestik dan internasional.

Periode penerbangan yang ditawarkan promo satu ini adalah 1 Oktober 2019 hingga 2 Juni 2010. Pembelian tiket dengan memanfaatkan promo ini juga membuat Anda mendapatkan bagasi gratis 15 kilogram (kg) untuk penerbangan domestik.

Juga, bagi Anda yang membeli paket penerbangan dengan hotel bisa mendapatkan potongan harga hingga 45 persen. Sebagai catatan, diskon hanya berlaku untuk tarif kelas tertentu saja dan tidak berlaku selama high season.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Meninggal, Ibunda Aa Gym Rajin Salat Malam

Posted: 27 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ibunda Aa Gym, Yetty Rochayati, tutup usia. Wanita 76 tahun itu mengembuskan napas terakhirnya di RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/4/2019) subuh.

Kabar meninggalnya Yetty, turut disebarkan putri Aa Gym, Ghaida Tsurayya. Sebagai cucu, Ghaida memiliki banyak kesan mendalam terhadap sosok nenek tercintanya tersebut.

Bahkan, meski mengidap sakit beberapa tahun terakhir, ibunda Aa Gym tetap rajin menjalankan ibadah salat malam dan membaca Alquran.

"Kita semua sayang enin πŸ’•πŸ’•πŸ’•enin yang jadi teladan kita semua.. enin yang perhatian sama semuanya..enin yang tahajudnya rajiin banget dalam kondisi apapun..enin yang quran nya gak pernah lepas.." kata Ghaida Tsurayya dikutip Liputan6.com, Minggu (28/4/2019).

Mendoakan

Tak cuma itu, Ghaida juga memuji sang nenek yang senantiasa mendoakan kebaikan bagi keluarga. Oleh karena itu, Ghaida berharap mendiang neneknya mendapat balasan yang baik dari Tuhan.

"Enin yang lisannya selalu basah dengan doa untuk keluarganya.. utk jamaah.. utk semuanya.. enin yang suka seru cerita ceritanya dan lucu..enin yang jadi contoh muslimah mandiri dan kreatif.. enin yang Ma sya Allah 😭😭😭 sayaaang sekali sama anak cucunya," tlisnya.

"Semoga Allah meridhoi amal ibadah enin πŸ’•selamat jalan enin.. we love you πŸ’•#gdasfamilybaitijannati."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Triple Double Jokic Kirim Nuggets ke Semifinal Wilayah Barat NBA

Posted: 27 Apr 2019 10:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Denver Nuggets menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Wilayah NBA. Nuggets harus memainkan gim ketujuh melawan San Antonio Spurs di putaran pertama play off Wilayah Barat NBA.

Pada gim ketujuh di Pepsi Center, Sabtu (27/4/2019) waktu setempat atau Minggu (28/4/2019) siang WIB, Nuggets menang tipis 90-86 atas Spurs. 

Center Nikola Jokic menjadi bintang keberhasilan Nuggets lolos ke semifinal Wilayah Barat NBA. Pria Serbia itu membuat triple double (21 poin, 15 rebound dan 10 assists).

Salah satu assists Jokic juga menjadi penentu lolosnya Nuggets. Umpan Jokic diselesaikan oleh Jamal Murray saat laga tersisa 36.8. Floater dari Murray membuat Nuggets unggul empat poin.

Spurs punya peluang memangkas jarak. Sayangnya layup shooting guard DeMar DeRozan bisa diblok oleh Torrey Craig saat laga tersisa 28,4 detik.

Kesalahan fatal menimpa Spurs dimomen krusial. Dengan terpaut empat poin, Spurs tidak melakukan foul untuk menghentikan waktu. Nuggets pun dapat menghabiskan sisa waktu.

 

 

Kesalahan

Terjadi salah pengertian antara pelatih Spurs Gregg Popovich dengan LaMarcus Aldridge. Popovich sudah menginstruksikan pemainnya untuk sengaja melanggar pemain Nuggets, tapi tak dilihat oleh Aldridge.

Selain Jokic, Murray juga bermain sangat baik. Dia memberi kontribusi 23 poin. Di kubu Spurs, DeRozan dan Bryn Forbes sama-sama finis dengan 19 poin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Zodiak Ini Berambisi Menguasai Dunia

Posted: 27 Apr 2019 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Punya ambisi jadi pemimpin dan menguasai negara? Atau bahkan dunia?

Wah, mungkin saja Anda termasuk salah satu dari 6 zodiak ini. Mereka punya ambisi yang kuat dan besar bikin dunia jadi seperti kehendak yang diinginkan.

Zodiak-zodiak ini punya rasa lapar terhadap kekuasaan. Mereka punya kebanggaan yang tinggi kalau bisa memimpin di suatu kelompok.

Dilansir dari Your Tango, berikut ulasan lengkapnya:

1. Aries (21 Maret - 19 April)

Mustahil menghentikan zodiak ini supaya tidak berambisi jadi pemimpin besar. Karena soal kekuasaan dan kepemimpinan, Aries nomor satu. Dia adalah zodiak paling percaya diri, disertai dengan kemampuan yang juga kuat dibidang yang digeluti.

Aries berambisi mengubah dunia menjadi sesuatu yang lebih berani dan sejajar. Untuk misi yang bagus seperti itu, Aries harus bekerja keras untuk itu!

2. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

6 Zodiak Ini Berambisi Menguasa Dunia! Siapa Mereka?(Sumber ted.com)

Mendominasi dunia adalah salah satu pekerjaan penting yang masuk dalam daftar pekerjaan Capricorn. Dia sangat mencintai dominasi di seluruh lini, sekecil apapun kelompoknya.

Dominasi bisa dilakukan saat kerja dan belajar. Termasuk menguasai diri sendiri. Capricorn yang gila kerja akan mengabaikan kebutuhan lain kalau pekerjaan belum selesai.

3. Leo (23 Juli - 22 Agustus)

Tidak heran zodiak ini punya ambisi menguasai dunia. Mereka suka bertindak sebagai raja dari segala raja. Pokoknya, mereka harus membuat semuanya tunduk pada keputusan raja.

Meski begitu, Leo tidak akan jadi pemimpin diktator atau melakukan hal aneh-aneh. Dikenal karena kebijaksanaannya, Leo pasti akan membuat kebijakan dan keputusan terbaik bagi bawahannya.

4. Taurus (20 April - 20 Mei)

6 Zodiak Ini Berambisi Menguasa Dunia! Siapa Mereka?

Taurus bisa dibilang sebagai Aries kecil karena mereka hampir melakukan semuanya sama seperti Taurus tapi tidak begitu keras kepala.

Taurus lebih bagus diproyeksikan jadi pahlawan daripada orang yang menguasai dunia, karena mereka lebih suka membuat orang-orang terbantu dengan kehadiran mereka. Begitulah caranya menguasai dunia.

5. Sagittarius (22 November - 21 Desember)

Bukannya Sagittarius ingin mendominasi dunia, tapi zodiak ini punya bakat natural jadi pemimpin. Mereka akan menjadi pemimpin untuk orang-orang, tapi kalau ambisi?

Tidak, Sagittarius lebih suka menguasai dunia dengan caranya sendiri: memimpin untuk kepentingan orang.

6. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Scorpio tidak mungkin melewatkan kesempatan jadi penguasa dunia. Sudah panggilan kalau zodiak ini akan berusaha sekuat tenaga supaya bisa menjadi pemimpin besar yang disegani di dunia.

Meski begitu, mereka akan kecewa kalau belum diberi kesempatan itu. Mereka akan marah dan merasa tidak berguna. Jangan terlalu ambisius, ya, Scorpio!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polwan Polda Metro Pamer Atraksi Senjata di CFD

Posted: 27 Apr 2019 10:16 PM PDT

Sejumlah anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi kolone senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi kolone senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal memperagakan kebolehan berakrobat senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal memperagakan kebolehan berakrobat senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi kolone senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi kolone senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal memperagakan kebolehan berakrobat senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal memperagakan kebolehan berakrobat senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi seni ketangkasan senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi seni ketangkasan senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi kolone senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sejumlah anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi kolone senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi seni ketangkasan senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Anggota polisi wanita (polwan) dari Divisi Taktikal melakukan atraksi seni ketangkasan senjata di area car free day, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (28/4/2019). Kelihaian dipertontonkan dalam memeriahkan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 lalu. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ranty Maria Mengaku Tak Diundang Ammar Zoni dan Irish Bella

Posted: 27 Apr 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ammar Zoni dan Irish Bella akan menggelar pernikahan di Pine Hill, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (28/4/2019). Kisah cinta yang berawal dari lokasi syuting ini akan bersanding indah di pelaminan.

Sebelum berpacaran dengan Irish Bella, Ammar Zoni sempat menjalin asmara selama dua tahun bersama Ranty Maria. Lantas, apakah Ranty Maria akan menghadiri hari pernikahan mantan kekasihnya tersebut?

Dilansir dari tayangan infotainment Silet, Ranty Maria memastikan untuk tidak menghadiri pernikahan Ammar Zoni dan Irish Bella. Bukan karena suatu masalah, melainkan Ranty Maria mengaku tak diundang oleh Ammar-Bella.

"Enggak diundang deh (tak datang)," kata Ranty Maria.

Ikut Bahagia

Ammar Zoni - Irish Bella (Nurwahyunan/Fimela.com)

Meski begitu, Ranty Maria akan mendoakan yang terbaik bagi pernikahan Ammar Zoni dan Irish Bella. Apalagi hubungan Ranty dengan Ammar tetap terjalin baik usai putus.

"Aku turut bahagia, dan aku selalu doakan yang terbaik. Karena memang kita selesainya baik-baik, dan dia memulai hidupnya yang baru, dan aku juga memulai hidupku yang baru. Kita sama-sama memulai hidup yang baru, pastinya aku doain yang terbaik untuk mereka," harap Ranty Maria.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisa Jadi Inspirasi, Begini Modifikasi Innova dan Xpander Pakai Produk Pahami

Posted: 27 Apr 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi pemilik mobil yang tidak puas dengan tampilan eksterior maupun interior kendaraan kesayangan, pasti bakal melakukan modifikasi. Menyadari pasar besar untuk membuat 'ganteng' kuda besi, Perkumpulan Pengusaha Aksesori Mobil Indonesia (Pahami) membuat dua mobil konsep modifikasi Toyota Innova dan Mitsubishi Xpander.

Dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, konsep yang disebut PX1 dan PX2 ini menggunakan semua aksesoris dari anggota Pahami.

"Tujuan kami melakukan konsep modifikasi ini untuk mempublikasikan produk anggota Pahami. Dahulu kalau kita beli aksesoris, beli satu-satu. Kini di Pahami kita sediakan paket-paket modifikasinya, dari yang termurah sampai yang termahal," jelas Sekertaris Jenderal (sekjen) Pahami, Irwan Kusuma, di IIMS 2019, Sabtu (27/4/2019).

Konsep modifkasi untuk Mitsubishi Xpander, meliputi semua kacanya dilapisi film ceramic dari Hyper Optik. Ubahan bodi disematkan aksesori dari JSL, dan semakin mewah dengan pemasangan pelek dan ban dari Arvia.

 

 

Begini Modifikasi Innova dan Xpander Pakai Produk Pahami (Arief A / Liputan6.com)

Interiornya, terdapat pelapis microfiber articoleder nappa black milik Blakleder dan Total Synthetic Leather. Lantainya ditutupi karpet premium light gray black milik Comfort. Fitur seperti GPS Live Tracking dan Noble Connect punya No Doubt memudahkan penggunanya.

Kenyamanan dari sisi hiburan pun diperkuat head unit digital TV Asuka dan audio dari Venom berupa Pandora Venom 3.4 dan Subwoofer VX 6.8 PB. Tak ketinggalan performa mesin disempurnakan Huricane XCS 7.

Selanjutnya

Begini Modifikasi Innova dan Xpander Pakai Produk Pahami (Arief A / Liputan6.com)

Sedangkan untuk Toyota Innova, ubahan yang dipasangkan yaitu LED dari Raiton, termasuk stoplamp. Lalu, ada penambahan aksesori Otoproject. Kacanya dikover film Masterpiece, sedangkan bodinya terlindungi nano coating Autoglaze.

Untuk mempercantik eksterior, dipasang pelek Lenso, rak barang dan cross bar dari Otorack, dan suspensi Prime.

Kabinnya dilapisi material kulit dari Vector dan alasnya Maxmat. Head unit Hollywood serta seluruh penumpang mendapatkan TV headrest Enigma, sistem audio Cello. Pengguna tak perlu merasa khawatir udara yang kurang baik, lantaran terdapat penyaring kabin Ferrox.

Fiturnya tak kalah keren, dengan dilengkapi power backdoor dan kamera 360 dari Rodex. Kemudian ada auto window termasuk pelipat, auto headlamp, TPMS, charging port dari Plugnplay. Semakin aman karena ada GPS Tracker GForce. Stabilizer aki dari Wizard Fire mampu menunjang performa mobil.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bus Masuk Jurang 60 Meter di India, 10 Orang Tewas

Posted: 27 Apr 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Punjab - Setidaknya 10 orang dilaporkan tewas dalam sebuah insiden jatuhnya bus ke sebuah ngarai di wilayah pegunungan Himalaya, India pada Sabtu 27 April 2019.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (28/4/2019), mulanya bus tersebut sedang melakukan perjalanan dari Dalhousie, di negara bagian Himachal Pradesh.

Namun, sebelum tiba di Punjab, India mobil itu jatuh ke ngarai sedalam 60 meter, demikian dilaporkan oleh media setempat.

Tak hanya korban jiwa, para penumpang juga mengalami luka-luka mulai dari wereng hingga serius akibat insiden tersebut.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh petugas keselamatan adalah medan dari ngarai berkedalaman 60 meter. Ngarai itu terlalu gelap dan cahaya sulit masuk sehingga membuat pergerakan mereka lambat.

Kecelakaan di wilayah ini bukan kali pertama. Sebelumnya ada enam orang satu satu supir yang masuk dalam ngarai seru apa pada Januari 2019.

Selain faktor alam, insiden mematikan ini juga dipicu oleh kecerobohan manusia. Mereka tetap ngebut dan kurang hati-hati meski jalanan yang buruk dan penuh liku.

Akibatnya mobil atau kendaraan lain mudah tergelincir dan masuk ke dalam ngarai yang sangat dalam tersebut. Menurut catatan dari kepolisian, rata-rata dalam satu tahun ada 150 ribu orang yang tewas dalam kecelakaan di India.

Jurang di Kawasan Serupa

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Pada Juli 2018, kasus serupa jujga pernah terjadi di kawasan serupa. Sedikitnya 48 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika sebuah bus yang kelebihan muatan, terguling jatuh ke dalam jurang sedalam 213 meter di utara India.

Kepala pemerintahan negara bagian Uttarakhand, Trivendra Rawat, mengatakan bus tersebut terperosok ke jurang terjal di kawasan kaki bukit Himalaya, menjelang Minggu petang, 1 Juli 2018.

Dikutip dari South China Morning Post, para korban selamat masih dirawat di rumah sakit. Namun banyak di antaranya mengalami luka serius, mulai dari patah tulang hingga gegar otak ringan.

Salah seorang pejabat polisi India, Manoj Kumar, mengatakan bahwa sebagian besar jenazah ditemukan dalam kondisi terhimpit bangku bus.

"Orang-orang memenuhi kabin bus, seperti ikan sarden yang dikalengkan," kata Kumar, seraya menyebut tujuh korban selamat berada dalam kondisi kritis.

Ditambahkan Kumar, operasi penyelamatan sempat terkendala beberapa jam akibat cuaca buruk, berupa hujan deras disertai angin kencang.

"Hujan (turun) sejak pagi, dan bahkan dua hari lalu sempat memicu tanah longsor, tidak jauh dari lokasi kecelakaan," kata Kumar.

 

Kelebihan Muatan

Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Menurut keterangan polisi, bus nahas tersebut berkapasitas 28 kursi. Namun, ketika kecelakaan terjadi, jumlah penumpang yang diangkut mencapai lebih dari dua kali lipat, yakni 60 orang.

Selain kelebihan muatan, bus tersebut juga harus menghadapi kondisi jalan yang rawan akibat hujan deras, dan melintasi jalanan berkelok di area perbukitan.

Ditambah dengan masih banyaknya jaringan jalan yang buruk dan kondisi armada transportasi berusia tua, India mencatat angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 110 ribu jiwa setiap tahunnya, dalam satu dekade terakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Chubby Diklaim Bikin Pasangan Lebih Bahagia, Ini Alasannya

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang, khususnya para wanita menginginkan tubuh ideal untuk menunjang penampilan. Salah satu yang membuat wanita kurang percaya diri yakni mempunyai pipi chubby.

Meski pipi chubby terkadang membuat minder, tapi kamu jangan berkecil hati dahulu. Tubuhmu curvy dan pipimu chubby? Tak masalah! Jangan lihat itu sebagai kekurangan, justru kamu harus mulai paham di mana sisi kelebihanmu.

Tak perlu merasa kurang percaya diri, karena ternyata ada banyak manfaatnya jadi wanita dengan bentuk tubuh curvy. Salah satunya adalah membuat suamimu bahagia.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Dr. FilemΓ³n Alvarado and Dr. Edgardo Morales di fakultas psikologi National Autonomous University of Mexico, menemukan bahwa para pria yang pacaran atau menikah dengan wanita chubby ternyata sepuluh kali lipat merasa lebih bahagia dibanding pria yang menjalin hubungan cinta dengan wanita langsing.

Menurut penelitian tersebut, pria lebih banyak tersenyum saat bersama wanita chubby dan mereka lebih mudah menyelesaikan dan melalui masalah yang menimpa mereka. Ini bisa jadi karena pria lebih mudah menemukan kehangatan, keakraban dan penerimaan dari wanita chubby sehingga membuat mereka tenang.

 

Wanita Chubby Seperti Ibu

Ilustrasi pipi tembem/copyright shutterstock

Secara tidak langsung, wanita chubby mengingatkan para pria terhadap ibunya. Pelukan yang hangat, nyaman dan menenangkan adalah bentuk kasih sayang yang mungkin dicari seorang pria dari wanita chubby.

Jadi, bukan berarti kamu tidak akan bahagia jika menikah dengan wanita kurus. Semua tentu tergantung bagaimana kamu dan pasangan menjalani hubungan bersama. 

Penulis:

Febi Anindyakirana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wali Kota Pontianak Tolak Film Kucumbu Tubuh Indahku

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pontianak - Terkait rencana pemutaran film Kucumbu Tubuh Indahku di bioskop Kota Pontianak, Wali Kota Edi Rusdi Kamtono, Minggu (28/4/2019) melayangkan surat keberatan kepada Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Barat.

Sikap keberatan itu dituangkan dalam surat bernomor 800/357/DKI/2019 tanggal 26 April 2019, dengan tembusan disampaikan kepada Gubernur Kalbar, pimpinan manajemen Bioskop Ahmad Yani Mega Mal, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pontianak, dan ketua KPID Kota Pontianak.

Edi menegaskan, pihaknya keberatan atas pemutaran film tersebut serta meminta KPID Kalbar menutup akses informasi terhadap film itu, baik melalui media cetak, media sosial maupun media massa yang ada di Kota Pontianak.

"Sebab film itu memberikan dampak yang negatif pada perilaku sosial masyarakat terutama adanya perilaku seksual yang menyimpang serta akan mempengaruhi cara pandang masyarakat khususnya generasi muda," katanya dikutip Antara.

Selain itu, lanjut Edi, film kontroversial itu dinilai bertentangan dengan nilai-nilai agama. Dampak lainnya bisa mempengaruhi generasi muda berperilaku menyimpang.

"Dikhawatirkan muncul anggapan bahwa perilaku yang ditayangkan dalam film itu menjadi hal yang biasa di masyarakat, hal itu yang tidak kita inginkan," tegasnya.

Menurut dia, pihaknya sedang gencar menggalakkan program yang bertujuan mencegah dan melindungi masyarakat dari kekerasan dalam keluarga, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

"Serta hal-hal yang dapat menimbulkan keresahan dalam masyarakat, dengan tujuan akhir untuk menjaga keutuhan dan ketahanan keluarga," katanya.

Film Kucumbu Tubuh Indahku menuai penolakan di beberapa daerah. Bahkan muncul petisi penolakan penayangan film itu di sejumlah daerah karena dinilai bertentangan dengan nilai agama dan berdampak buruk bagi generasi muda.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

Kucumbu Tubuh Indahku

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

198 Juta Penduduk Indonesia Terbebas dari Malaria

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menuju Indonesia bebas malaria tahun 2030, kasus penyakit yang dibawa nyamuk Anopheles ini mengalami penurunan drastis. Jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia, Indonesia punya kontribusi penting terhadap penurunan kasus malaria. Selama delapan tahun terakhir (dari 2010-2018), malaria di Indonesia menurun.

Data Kementerian Kesehatan RI mencatat, dari tahun 2010 sampai 2017 telah terjadi penurunan kasus malaria sebesar 44 persen. Jumlah kasus malaria tahun 2010 sebanyak 465.000 kasus.

"Tahun 2017 jumlah kasus malaria sebanyak 261.000 kasus per tahun. Data terakhir tahun 2018, kita turun menjadi 220.000 kasus. Dalam hal ini ketercapaian eliminiasi malaria sudah 44 persen turunnya," papar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dalam siaran langsung di Siaran Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, ditulis Minggu (28/4/2019).

Dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, sebanyak 285 kabupaten/kota diantaranya sudah berstatus eliminasi malaria. Sertifikat bebas malaria di kabupaten/kota pun diserahkan kepada kepala pemerintah daerah setempat. Menteri Kesehatan Nila Moeloek turut memberikan sertifikat tersebut.

"Bu Menkes yang memberikan sertifikat eliminasi malaria. Artinya, sudah 198 juta dari 260 juta penduduk Indonesia terbebas dari malaria. Ya, 70 sampai 75 persen penduduk tidak berisiko kena malaria di tempat tinggalnya," tambah Nadia.

Jumlah penurunan kasus malaria di Indonesia termasuk salah satu contoh perkembangan kondisi kesehatan di Asia Tenggara. Secara global, kasus malaria menurun.

Laporan World Malaria Report 2018 sudah terjadi penurunan insiden malaria di dunia sebanyak 8 persen dari tahun 2010 sampai 2017. Sebanyak 239 juta kasus malaria pada tahun 2010. Sementara itu, tahun 2017 turun menjadi 219 kasus malaria di dunia. Data diambil dari 91 negara.

Pasang kasa dan lokasi kandang ternak

Lokasi kandang ternak harus agak jauh dari rumah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Risiko terinfeksi malaria sangat tinggi bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah endemis malaria, terutama di Indonesia bagian timur. Sebut saja Papua, Papua Barat; Maluku, Maluku Utara; dan Nusa Tenggara Timur. Sebagian besar Papua, Papua Barat merupakan wilayah endemik malaria tertinggi di Indonesia.

Meski di beberapa wilayah kasus malaria ditemukan 1 sampai 10 kasus per tahun, daerah yang bersangkutan belum sepenuhnya bebas dari malaria. Untuk mencapai eliminasi malaria itu tidak ditemukan lagi kasus malaria.

Ada serangkaian intervensi yang dilakukan agar masyarakat bisa terbebas dari serangan malaria. Bermukim di daerah yang endemis malaria, masyarakat harus mewaspadai gigitan nyamuk Anopheles.

Upaya ini berlaku pada Anda yang hendak berkunjung ke wilayah endemis malaria. Yang paling utama, saat mengunjungi daerah endemis malaria, hindari gigitan nyamuk.

Bagi masyarakat yang tinggal di lokasi endemis, disarankan untuk menggunakan kelambu saat tidur.

"Kalau malaria pakai kelambu yang dilapisi insektisida. Kelambunya aman bertahan tiga tahun. Saat jalan-jalan ke pantai dan buat api unggun pada malam hari, gunakan pakaian lengan panjang dan oleskan losion anti nyamuk," Nadia menjelaskan.

Tidur menggunakan kelambu agar mencegah gigitan nyamuk malaria. Karena nyamuk malaria biasa beraksi pada malam hari, yakni pukul 18.00 sampai 06.00. Masyarakat juga bisa menggunakan obat nyamuk semprot.

"Perlu juga rumah dipasang kasa (kawat nyamuk) untuk menghindari nyamuk masuk. Kemudian perhatikan lokasi kandang ternak. Mesti agak jauh dari rumah. Biar nyamuk gigit ternaknya, bukan ke manusia. Kadang kan lokasi kandang ternak persis bersebelahan dengan rumah," tambah Nadia.

Singkirkan lumut

Singkirkan lumut yang ada di kolam. (BEHROUZ MEHRI/AFP)

Selain pasang kelambu berinsektisida dan mengenakan pakaian lengan panjang, masyarakat juga perlu memerhatikan lingkungan tempat tinggalnya. Lingkungan yang berisiko sebagai tempat hidup nyamuk umumnya di lingkungan yang terdapat genangan air.

"Genangan air di rawa dan laguna. Bisa juga di muara sungai yang lambat, saluran irigasi untuk persawahan dan mata air. Yang pasti kalau di luar rumah, perhatikan ada atau tidak, genangan air," papar Nadia.

Serupa dengan berantas demam berdarah dengue (DBD), basmi malaria juga menerapkan, pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Kebersihan lingkungan meliputi melancarkan saluran air, mengeringkan air yang tak tergenang.

"Buat warga yang punya kolam, bersihkan lumut di dalamnya. Ini karena lumut tempat yang disenangi nyamuk untuk menaruh telur, yang mana akan menjadi jentik-jentik nyamuk. Cara ini mengurangi jumlah nyamuk," ujar Nadia.

Pemberian larvasida--bahan kimia untuk membunuh nyamuk serta pelihara ikan pemakan jentik bisa dilakukan. Bersihkan juga semak-semak di rumah.

Basmi nyamuk malaria

Basmi nyamuk malaria sudah ada sejak tahun 1959. (merdeka.com/Imam Buhori)

Komitmen pemerintah Indonesia membasmi malaria seiring dikeluarkannya kebijakan dunia terkait eliminasi malaria di tahun 2007. Walaupun begitu, Indonesia sudah berupaya menekan penyebaran malaria sejak tahun 1959. Soekarno yang pada waktu berkuasa mencanangkan pembasmian malaria di Desa Kalasan, Yogyakarta.

Malaria ini penyakit yang sudah lama ada di Indonesia. Jenis nyamuk vektor Anopheles di Indonesia ribuan spesies. Tak ayal, risiko kematian besar bila tak segera ditangani.

"Jadi pada tahun 1959 komitmen Indonesia memberantas malaria. Waktu itu presidennya Soekarno. Beliau mencanangkan pembasmian malaria menggunakan insektisida. Ini digunakan untuk membunuh nyamuk," Nadia mengungkapkan.

Seiring berganti pemerintahan, eliminasi malaria diperkuat pada tahun 2009, yang pada waktu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mencanangkan istilah eliminasi.

"Kita sekarang mencoba menghilangkan malaria. Ini adalah upaya menghentikan penularan malaria," ujar Nadia.

Eliminasi berupa menghilangkan atau menekan kasus sedekat mungkin bahwa tidak ada kasus malaria yang ditemukan. Supaya kasus malaria tertekan, jumlah parasit nyamuk kurang dari satu per 1.000

"Bila kasus malaria di Indonesia sudah sepenuhnya tidak ada. Maka, Indonesia dapat sertifikasi eliminasi malaria dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," Nadia melanjutkan.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

14 Hoaks di Bulan April, dari Susunan Kabinet Sampai TNI Ambil Alih Kerja KPU

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran hoaks dan misinformasi meningkat tajam sepanjang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, termasuk ketika Pemilu telah berlangsung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat, sepanjang Agustus 2018 hingga 25 April 2019 teridentifikasi ada 1.645 konten hoaks.

Berikut adalah sejumlah hoaks yang diidentifikasi Kemkominfo, sebagian besar terkait dengan Pemilu dan Pilpres 2019, dikutip dari laporan hoaks harian Subdit Pengendalian Konten Internet Kemkominfo, per Sabtu 27 April 2019:

1. Susunan Kabinet Kerja Jilid II Jokowi-Ma'ruf

Sebuah unggahan yang di dalamnya terdapat struktur rancangan susunan kabinet kerja jilid II Jokowi-Ma'ruf 2019-2014 beredar lewat Facebook.

Faktanya, berdasarkan penelusuran, Direktur Komunikasi Politik Tim Kemenangan Nasional (TKN) Usman Kansong, susunan kabinet Indonesia Kerja Jilid II yang beredar lewat medsos tidaklah benar alias hoaks

2. Siswa SD Tendang Tangan Kepala Sekolah Sampai Patah

Beredar video di medsos tentang siswa SD di daerah Surabaya menendang tangan kepala sekolah sampai patah. Video yang beredar adalah video pelaku yang sedang diinterogasi usai kejadian.

Setelah ditelusuri, narasi yang menyebut siswa menendang tangan kepala sekolah sampai patah adalah keliru. Guru kelas VI SD Balongsari 1 Munari mengatakan, video yang beredar di medsos itu tidak berkaitan dengan insiden penendangan kepala sekolah.

Dia menegaskan, penendangan benar dilakukan oleh siswa tetapi kasusnya berbeda, masalahnya berbeda, tempat dan waktunya berbeda.

Kaesang Komisaris Perusahaan Batu Bara?

Kaesang Pangarep memberi kuliner Markobar kepada pengunjung saat launching outlet kuliner Sang Pisang dan Markobar di Cikini, Jakarta, Minggu (11/3). Kolaborasi tersebut diharapkan bisa menarik lebih banyak pembeli. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

3. Kaesang Pangarep Komisaris Perusahaan Batu Bara

Beredar informasi lewat medsos yang menyebut putra ketiga Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep merupakan komisaris perusahaan batu bara yang menyamar menjadi penjual pisang dan kopi.

Faktanya, informasi tersebut merupakan hoaks. Kaesang bukanlah komisaris perusahaan batu bara, melainkan merupakan Komisaris PT Rakabu Sejahtera. Perusahaan tersebut bergerak di bidang mebel dan furnitur.

4. Petugas KPPS Mencoblosi Surat Suara

Beredar sebuah unggahan video di Twitter yang memberi informasi bahwa petugas KPPS mencoblosi sendiri surat suaranya dengan membangun narasi "ampunilah semua Komisioner @KPU_ID ya Allah."

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah video tahun 2017. Diduga Ketua KPPS mencoblos sendiri surat suara di Halmahera Tengah pada Pilkada 2017.

Video tersebut sengaja diunggah untuk menggiring opini publik pada Pilpres 2019, bahwa KPU melakukan kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Beredarnya video ini membuat kegaduhan dan persepsi negatif bagi penontonnya.

5. Kecelakaan Bus Jemaah Umroh Tewaskan 130 Orang

Telah beredar di medsos sebuah pesan berantai dan video yang menyebut, ada kecelakaan beruntun bus yang mengangkut rombongan jamaah umroh di Arab Saudi dengan 130 orang tewas.

Faktanya, memang telah terjadi kecelakaan pada 26 Mei 2017 di jalan tol Madinah-Qassim yakni satu truk dengan lima bus. Namun jumlah korban yang meninggal bukan 130 orang, melainkan 6 orang tewas dan 81 orang terluka. 16 orang dalam keadaan kritis dan 65 orang lainnya terluka.

WhatsApp Kapolri hingga KPU Pakai Dukun

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat menghadiri Apel Kesiapan Natal, Tahun Baru 2019 serta menjelang Pemilu legislasi dan Presiden 2019 di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (30/11). (Liputan6.com/Johan Tallo)

6. Chat WhatsApp Kapolri Tito Karnavian dan Kombespol Argo Yuwono

Di media sosial beredar screen capture chat WhatsApp yang dinarasikan sebagai chat Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dengan Kombespol Argo Yuwono terkait kasus Habib Riziq dan Firza Husein.

Faktanya, screen capture tersebut palsu dan kasusnya kini ditangani oleh kepolisian.

7. Habib Rizieq Diundang Presiden Erdogan dan Dijemput Pesawat Kepresidenan Turki

Beredar sebuah unggahan yang menginformasikan bahwa Habib Rizieq diundang oleh Presiden Erdogan, dijemput pesawat kepresidenan dan dikawal pesawat tempur Turki dan diminta membuka konferensi oleh presiden Erdogan dengan sambutan parade militer Turki.

Faktanya, hal tersebut adalah misinformasi. Sebenarnya Habib Rizieq datang ke Turki dan Maroko membahas bantuan Palestina dan bertemu dengan pejuang Palestina.

Pertemuan yang fotonya diunggah di medsos itu bukan undangan Presiden Erdogan, apalagi sampai ada penjemputan dan pengawalan kepresidenan dari militer Turki.

8. Kantor KPU Kabupaten Wonogiri Pakai Dukun

Beredar di Facebook, ada sebuah ritual perdukunan di kantor KPU Kabupaten Wonogiri dalam Pilpres 2019.

Dalam unggahan disebutkan, kantor KPU Kabupaten Wonogiri memakai perdukunan dan warga Wonogiri mengutuk hal tersebut.

Faktanya, video tersebut merupakan aksi penyampaian aspirasi pendukung caleg nomor 7 bernama Sariman dengan ritual tolak bala dan membakar kemenyan hingga tabur bunga.

Penyampaian aspirasi tersebut terkait dengan tertukarnya foto Sariman dengan Suharmi pada DCT yang tertempel di TPS.

Kali Sunter hingga TNI Siap Ambil Alih Tugas KPU

Sebuah eskavator diturunkan guna menyelesaikan pembangunan turap Kali Sunter Jakarta Utara, Selasa (18/12). Pembangunan turap ini merupakan bagian dari proyek normalisasi kali untuk mengantisipasi banjir di musim penghujan. Liputan6.com/Fery Pradolo)

9. Foto Suasana Kali Sunter

Beredar unggahan di Twitter sebuah foto kali Sunter yang penuh dengan sampah, ditambah dengan narasi "terus gubernur sebagai pemimpin ngapain? #AniesDimana" diunggah oleh akun @Partukkoan1.

Setelah ditelusuri, foto tersebut merupakan foto lama yang diunggah kembali untuk menggiring opini. Gambar asli yang diunggah oleh media Poskotanews.com, merupakan luapan kali Sunter pada 2012.

10. Tim TKN Jokowi Akui Kekalahan

Beredar di medsos sebuah unggahan video yang bertuliskan tim TKN Jokowi akui kekalahan Jokowi. Tulisan tersebut membangun premis yang berbeda dan membuat orang menganggap keseluruhan tim TKN telah mengakui kekalahan Jokowi.

Faktanya, video yang diunggah memang benar tim TKN Jokowi mengatakan kekalahan, namun kekalahan yang dimaksud adalah perolehan suara di daerah Riau dan Bangka Belitung.

11. TNI Siap Ambil Alih Tugas KPU Jika ada Kecurangan Penghitungan Suara

Artikel yang beredar di medsos dari situs turbinsuinfo.blogspot.com menyatakan, TNI sudah bersiap ambil alih tugas KPU jika ada kecurangan dalam penghitungan suara.

Dalam artikel juga terdapat pernyataan KPU yang menepis anggapan negatif mengenai input data Pemilu 2019 pada Situng KPU.

Faktanya, artikel berita ini mengutip berita yang dirilis detik.com berjudul "KPU soal Kesalahan Entri Data: Tidak Ada Niat Curang, Murni Human Error". Dalam berita yang dirilis, tidak ada pernyataan pihak KPU maupun TNI yang menyatakan bahwa TNI siap ambil alih tugas KPU.

Situs turbinsuinfo.blogspot.com sendiri menyadur berita detik.com dan menambahkan informasi palsu bahwa TNI akan mengambil alih tugas KPU.

Jokowi Kalah Karena Jin Coblos Prabowo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto memeluk atlet pencak silat peraih emas Asian Games 2018 Hanifan Yudani di Jakarta, Rabu (29/8). (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

12. Jokowi Dipastikan Kalah karena Jin Ikut Coblos Prabowo

Sebuah gambar screen capture situs suara.com di medsos yang menyebut, "Kata Gus Nuril: Jokowi Dipastikan Kalah Karena Jin yang Saya Suruh Malah Ikut Nyoblos Prabowo." Artikel tertulis pada 25 April 2019.

Situs suara.com tidak pernah mengeluarkan artikel berjudul tersebut. Hasil penelusuran, berita dengan gambar Gus Nuril serta penulis artikel yang sama dengan hasil screen capture tersebut adalah berita suara.com yang berjudul "Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilindungi pasukan berani mati". Rilisan berita pada 13 Agustus 2018.

Faktanya, hasil tangkapan layar ini disunting sedemikian rupa oleh pihak tak bertanggung jawab yang menyebabkan munculnya misinformasi.

13. Petugas KPU Bekasi Pindahkan Kotak Suara

Beredar video tentang pemindahan kotak suara tanpa saksi oleh petugas KPU Bekasi.

Faktanya, menurut Ketua KPU Bekasi Nurul Sumaherni, proses pemindahan kotak suara dilakukan sesuai prosedur dan peraturan. Bahkan, berita acara telah diserahkan ke saksi parpol dan pengawas Pemilu.

Dia juga mengatakan, ketika surat suara dipindahkan ke gedung KPU, tidak ada salinan C1 hologram, sehingga proses pemindahan tidak menyalahi aturan.

14. Surat Suara Disimpan di Hotel, Bukan di Kecamatan

Pada Facebook beredar video kerusuhan di Hotel Mega Lestari Balikpapan dengan narasi yang menyatakan adanya keraguan karena surat suara disimpan di hotel, bukannya di kecamatan.

Faktanya, menurut penjelasan Bawaslu Kota Balikpapan terkait kejadian ini, memang benar kotak suara di TPS 41, 15, dan 29 kelurahan Damai, TPS 25 kelurahan Klanndasan Ilir, TPS 17 keluhanan Klandasan Ulu, dan TPS 54 kelurahan Telaga Sari Balikpapan Kota memang tidak dalam keadaan tersegel. Ini diduga melanggar beberapa pasal.

Namun, terkait dengan penggunaan hotel tersebut sebagai tempat penyimpanan kotak suara, Bawaslu tidak menemukan pelanggaran karena rapat rekapitulasi memang dilakukan di hotel yang dimaksud.

Bawaslu Kota Balikpapan juga tidak menemukan adanya pencurian kotak suara sebagaimana disebutkan dalam video.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TC di Bali, Pemain Persebaya Terkena Jam Malam

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menerapkan peraturan ketat selama menggelar pemusatan latihan (TC) di Bali. Mereka akan memberlakukan jam malam bagi pemain.

Bajul Ijo berniat menggelar TC pada 29 April hingga 4 Mei. Persebaya bisa melakukannya setelah duel perempat final Piala Indonesia melawan Madura United ditunda.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman menegaskan, para pemain dilarang keluyuran selama di Bali. Sebab, latihan dilakukan pagi dan sore. Apalagi, Bali memang dikenal memiliki banyak tempat wisata dan hiburan malam.

"Kami akan kontrol semua agar pemain tidak pergi-pergi. Jangan mentang-mentang di Bali anak-anak bisa main sesukanya," kata mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu.

Persebaya memboyong hampir seluruh pemain ke Bali. Hanya gelandang asal Tajikistan Manuchekhr Dzhalilov yang absen. Sementara Hansamu Yama tetap berangkat meskicedera ringan. Begitu pula Amide Balde yang baru tiba di Indonesia setelah kembali ke kampung halaman.

"Dzhalilov masih belum boleh melakukan latihan, makanya kami tinggal," ujar Djanur.

Bangun Kebersamaan

Pelatih Persebaya Surabaya, Djadjang Nurjaman. (Bola.com/Aditya Wany)

Persebaya menggelar TC bukan hanya untuk meningkatkan kebugaran pemain. Namun juga membangun kebersamaan. "Saya ingin melakukan team building dan memupuk kebersamaan. Jadi, nggak asal pindah latihan atau rekreasi," kata pelatih 60 tahun itu.

Sebelum memutuskan Bali, Persebaya sempat mempertimbangkan Yogjakarta sebagai lokasi TC. Namun, Pulau Dewata akhirnya dipilih karena diperkirakan membuat pemain lebih santai. "Nah, di situ kami akan mempupuk kebersamaan pemain," ujar Djanur.

Rencananya, selama TC, Persebaya juga akan menjalani uji tanding. Hanya, belum dipastikan klub mana yang jadi lawan. "Yang jelas bukan Bali United," pungkasnya.

Gelar Uji Coba

Sebelum ke Bali, Persebaya sempat menggelar uji coba melawan Anak Bangsa di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (25/4/2019). Bajul Ijo menang 10-1 dengan Osvaldo Haay mencetak empat gol.

"Saya pikir dia (Osvaldo) memiliki mobilitas yang tinggi, punya skill dan cukup menjanjikan untuk menjadi penyerang utama," tutur Djanur.

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Richard Kyle Sebut Pria dalam Video Syur Hanya Mirip Dirinya

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Richard Kyle telah menegaskan bahwa bukan dirinya yang berada dalam sebuah video syur yang belakangan beredar di media sosial. Richard Kyle mengatakan pria yang berada dalam video tersebut hanyalah mirip dengannya.

Hal itu disampaikan Richard Kyle langsung saat ditemui di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu (27/4/2019).

"Ya, tapi itu bukan aku. Kan banyak orang bisa mirip juga. Kayak, 'Eh lo mirip deh sama ini, itu'," papar Richard Kyle.

 

Kaget

Jessica Iskandar merasa sang kekasih adalah partner yang luar biasa. (instagram/inijedar)

Beredarnya video tersebut memang cukup menggemparkan, bahkan bagi Richard Kyle sendiri. Ia langsung memerintahkan orang suruhannya untuk mengecek kebenaran video tersebut.

"Ya, kaget lah. Kan aku lagi di London, lagi wedding sama teman-teman. Terus, 'Oh.. ini apa sih? Tolong cari ini bohong atau gimana'," lanjut Richard Kyle.

 

Aneh

(Instagram/inijedar)

Apalagi, Richard Kyle mengatakan ia tidak pernah mengenakan busana seperti yang dikenakan pria yang berada dalam video tersebut.

"Ya kelihatan saja. Kan badannya juga beda. Aku juga enggak pakai baju-baju kayak gitu, pakai sarung. Gila, aneh banget. Itu enggak aku," tegasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Super Cepat Pedagang Ikan Melayani Banyak Pelanggan

Posted: 27 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjual ikan ini bekerja sangat cepat saat melayani banyak permintaan pelanggan. Ia membungkus ikan hanya dalam hitungan detik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ji Chang Wook Telah Selesai Wajib Militer, Ini 8 Potret Terbarunya

Posted: 27 Apr 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ji Chang Wook beberapa waktu belakangan ini menjalankan tugasnya sebagai warga negara Korea Selatan dengan mengikuti wajib militer. Aktor tampan ini telah menjalani kewajibannya di wajib militer sejak 14 Agustus 2017 lalu.

Setelah dua tahun lamanya mengikuti wajib militer, Ji Chang Wook kembali menyapa penggemar pada 27 April 2019 silam. Pria berusia 31 tahun ini saat pun langsung disambut oleh para fansnya. 

Dilansir dari laman Soompi, ia merasa gugup setelah lama tidak menyapa para penggemarnya. 

"Saya merasa gugup menyapa kalian untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama. Akhirnya telah habis mas militer, dan saya akan menyambut kalian lagi dengan hal-hal baik dan bahkan proyek yang lebih baik di masa depan. Tolong nantikan itu. Terima kasih," tuturnya pada Sabtu 27 April 2019. 

Nah, penasaran kan bagaimana potret Ji Chang Wook setelah selesai wamil? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 8 potret gagahnya Ji Chang Wook yang siap buat kamu klepek-klepek, Minggu (28/4/2019).

Potret Terbaru Ji Chang Wook Usai Wajib Militer

1. Sepulangnya dari wajib militer, Ji Chang Wook langsung disambut oleh para penggemar setianya.

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

2. Sebelumnya, Ji Chang Wook diduga terlibat dalam kasus Burning Sun karena foto dirinya bersama Madam Lin.

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

Potret Terbaru Ji Chang Wook Usai Wajib Militer

3. Namun dugaan itu terbantahkan, kini Ji Chang Wook siap kembali menghiasi layar kaca.

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

4. Dengan seragam militer yang dikenakan, Ji Chang Wook nampak gagah ya?

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

Potret Terbaru Ji Chang Wook Usai Wajib Militer

5. Kabarnya ia akan memerankan drama terbaru.

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

6. Dengan pose hormat dan senyum manis, potret Ji Chang Wook sukses bikin fansnya meleleh.

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

Potret Terbaru Ji Chang Wook Usai Wajib Militer

7. Saat wamil, Ji Chang Wook berpartisipasi dalam pertunjukan musikal khusus tentara militer 'Shinheung Military Academy'.

Ji Chang-wook (Sumber: Soompi)

8. Ini dia selfie pertama Ji Chang Wook setelah wamil, ia akan menghabiskan waktunya bersama ibunya.

Ji Chang-wook (Sumber: Instagram/jichangwook)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vokasi UGM dan PLN Sepakat Lakukan Kerja Sama Ikatan Dinas

Posted: 27 Apr 2019 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) menandatangani kesepakatan bersama PLN untuk melakukan kerja sama ikatan dinas. Program ini merupakan bagian dari kebijakan link and match UGM agar membantu peserta didik terjun ke dunia industri.

Kesepakatan yang dimaksud adalah Penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma Empat (D-IV) Ikatan Dinas di bidamg elektro atau listrik. Dengan ini maka PLN bisa terlibat dalam penyusunan kurikulum dan memperbanyak kesempatan magang mahasiswa D-IV UGM di bidang elektro.

"Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mempersiapkan sejak dini bibit unggul PLN dalam memajukan energi kelistrikan di Indonesia," ujar Dekan SV UGM Wikan Sakarinto dalam pernyataan yang diterima Liputan6.com, Jumat (26/4/2019).

Perjanjian Kerja Sama ini ditandatangani oleh Wikan dan Direktur Human Capital Management Muhamad Ali yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Karyawan Aji selaku Executive Vice President Talent Development PT PLN (Persero).

Aji menyebut program ini memiliki standar yang ketat. IPK mahasiswa D-IV UGM prodi ini akan diawasi dan evaluasi akan dilakukan secara rutin.

"Secara berkala, PLN serta SV akan melakukan evaluasi terhadap mahasiswa dengan memantau setiap pencapaian prestasi akademik, dan mereka akan dinyatakan gugur jika IPK dibawah 2,75," ujar Aji yang berharap mahasiswa bisa beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang serta big data.

Para mahasiswa yang tertarik pada program ini harus telah terdaftar dahulu sebagai mahasiswa SV UGM. Adapun proses seleksi yang wajib diikuti oleh peserta meliputi psikotes, tes kesehatan dan tes wawancara.

Apabila lolos, mahasiswa akan mempelajari segala hal sehingga nantinya dengan kompetensi yang cukup, mereka bisa diterima menjadi bagian dari PLN. Program kerja sama ini akan dijalankan dari tahun akademik 2019/2020 sampai 2021/2022.

Sarjana Terapan bidang Teknologi Rekayasa Elektro.

Kerja sama SV UGM dan PLN. Dekan SV UGM Wikan Sakarinto (kanan) dan Executive Vice President Talent Development PT PLN Karyawan Aji (kiri). Dok: SV UGM

Wikan menjelaskan, program ini sebenarnya sudah berjalan lebih dari 4 tahun, di mana sebelumnya bekerja sama dengan prodi D-3 Teknik Elektro / Teknologi Listrik SV UGM. Mulai tahun ini, prodi tersebut telah dikembangkan menjadi Sarjana Terapan bidang Teknologi Rekayasa Elektro.

"Harapannya dengan program ini, kami bisa mendapatkan talenta-talenta terbaik generasi bangsa dalam memajukan kelistrikan Indonesia yang tantangannya semakin besar," ujar Aji.

Daftar Prodi Sarjana Terapan UGM

Foto: Ilustrasi komputer rakitan (tiger.towson.edu)

Daftar Program Studi Sarjana Terapan (S.Tr.) yang dibuka:

1. S.Tr. Teknologi Rekayasa Mesin

2. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat

3. S.Tr. Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

4. S.Tr. Teknologi Rekayasa Internet

5. S.Tr. Teknologi Rekayasa Elektro

6. S.Tr. Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol

7. S.Tr. Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

8. S.Tr. Manajemen Informasi Kesehatan

9. S.Tr. Manajemen dan Penilaian Properti

10. S.Tr. Perbankan

11. S.Tr. Akuntansi Sektor Publik

12. S.Tr. Pembangunan Ekonomi Kewilayahan

13. S.Tr. Pengelolaan Arsip dan Rekaman Informasi

UGM menjelaskan, gelar sarjana akan disesuakan dengan bidang masing-masing. Misalnya untuk program Sarjana Terapan Di bidang teknik, maka gelar lulusannya yaitu S.Tr.T.

Bagi yang ingin melanjutkan menimba ilmu, mereka pun bisa meneruskan ke program studi Magister (S2) Terapan, baik di kampus-kampus di dalam maupun luar negeri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ian Rush: Meski Tak Juara, Liverpool Tetap Sukses Musim Ini

Posted: 27 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Legenda Liverpool, Ian Rush, mengatakan, apapun yang terjadi The Reds sudah sukses besar musim ini. Ia berkaca pada penampilan konsisten Sadio Mane dan kawan-kawan sepanjang musim.

Liverpool kini bertengger di puncak klasemen Liga Inggris. The Reds unggul dua poin atas Manchester City di singgasana. Sementara di Liga Champions, Liverpool sudah lolos ke babak semifinal.

Rush mengatakan, kalau pun Liverpool gagal meraih gelar musim ini, apa yang dilakukan pasukan Jurgen Klopp sudah luar biasa.

"Saya menikmati menonton Liverpool bermain dan menikmati merek sepak bola yang mereka mainkan saat ini. Bahkan jika Liverpool tidak memenangkan apa pun, musim ini akan menjadi kesuksesan yang luar biasa," kata Rush kepada Sky Sports News.

 

 

Lebih Hebat dari Musim Lalu

(AFP/Glyn Kirk)

"Liverpool berprestasi dengan mencapai final Liga Champions tahun lalu, tetapi kami menetapkan standar di sana dengan mencapai final itu dan kami telah memenuhi standar itu, dan bahkan mengalahkannya tahun ini."

"Bahkan jika kami tidak memenangkan apa pun, saya sangat senang dengan apa yang telah terjadi musim ini. Tapi, mudah-mudahan kami bisa juara Liga Inggris dan Liga Champions," Rush menambahkan.

Statistik Liverpool

Total, Liverpool telah menjalani 48 pertandingan musim ini dengan torehan 34 kemenangan, 8 kali imbang dan cuma 6 kekalahan.

The Reds juga mencetak 104 gol dan kebobolan 33 kali.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecewa Desanya Tandus, Pasutri Ini Tanam Pohon Setiap Hari Selama 20 Tahun

Posted: 27 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menurut FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian) organisasi PBB mengatakan bahwa sekitar 129 juta hektar hutan yang ukurannya sama dengan Afrika Selatan, telah hilang dari bumi selamanya sejak tahun 1990. Dan suatu daerah kira-kira ukuran negara Panama terus hilang setiap tahun.

Dengan sekitar 15 persen dari semua emisi gas rumah kaca berasal dari deforestasi, spesies tanaman dan hewan yang tak terhitung jumlahnya kehilangan habitatnya setiap hari. Ini adalah angka yang sangat merusak bagi kesehatan planet bumi, dan itu tidak bisa dibiarkan berlanjut.

Dikarenakan masalah inilah, seorang fotografer Brasil Sebastiao Salgado dan istrinya Lelia Deluiz Wanick Salgado memutuskan untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan membantu masalah ini dan memulai proses reboisasi.

Tidak mudah memang, karena butuh waktu dan tenaga yang banyak. Namun hasilnya tidak sia-sia, kini apa yang dilakukan Sebastiao Salgado dan Lelia Deluiz Wanick Salgado telah memberi dampak perubahan besar.

Berikut ulasan kisah inspiratif Sebastiao Salgado dan Lelia Deluiz Wanick Salgado yang Liputan6.com lansir dari Boredpanda, Minggu (28/4/2019).

Fotografer yang Pulang Ke Kampung Halaman

Kampung halaman SebastiΓ£o Salgado yang saat awal dia kembali (Sumber: boredpanda)

Salgado adalah tokoh terkenal yang telah memenangkan hampir setiap penghargaan utama dalam jurnalisme foto dan menerbitkan lebih dari setengah lusin buku.

Kembali pada tahun 1990-an. Kelelahan secara fisik dan emosional setelah mendokumentasikan kebiadaban mengerikan dari genosida Rwanda, ia kembali ke rumah di daerah asalnya di Brazil. Dulunya, kampung halaman Salgado pernah ditutupi oleh hutan hujan tropis yang subur.

Dia terkejut dan hatinya hancur ketika mendapati bahwa daerah itu sekarang tandus dan tidak memiliki margasatwa. Tetapi istrinya Lelia percaya bahwa itu dapat dikembalikan ke kejayaannya yang dulu.

"Tanah itu sama sakitnya dengan saya, semuanya hancur," kata Salgado di The Guardian pada tahun 2015.

"Hanya sekitar 0,5% dari tanah ditutupi pepohonan. Kemudian istri saya punya ide luar biasa untuk menanam kembali hutan ini. Dan ketika kami mulai melakukan itu, maka semua serangga, burung, dan ikan kembali dan, berkat peningkatan jumlah pohon ini, saya juga terlahir kembali, ini adalah momen yang paling penting," imbuhnya.

Mendirikan Instituto Terra

Relawan Instituto Terra yang ikut menanam pohon (Sumber: boredpanda)

Sebastiao dan Lelia mendirikan Instituto Terra, sebuah organisasi kecil yang memulai menanam 4 juta pohon dan telah membawa hutan kembali dari 'kematian'.

Dengan tekun dan menanam pohon setiap hari, kini daerah tersebut telah mempunyai perubahan pesat dalam 20 tahun.

Satwa liar telah kembali, di mana dulunya daerah ini merasakan keheningan yang mematikan. Sekarang ada hiruk-pikuk burung dan serangga berdengung di sekitarnya.

Secara keseluruhan, sekitar 172 spesies burung telah kembali, serta 33 spesies mamalia, 293 spesies tanaman, 15 spesies reptil dan 15 spesies amfibi, seluruh ekosistem dibangun kembali dari awal.

Hasil yang Dipetik Setelah Sekian Lama

Perubahan daerah yang tandus selama hampir dua dekade (Sumber: boredpanda)

Proyek ini telah menginspirasi jutaan orang dengan memberikan contoh nyata dari tindakan ekologis positif. Dan tentu saja menunjukkan seberapa cepat lingkungan dapat pulih dengan sikap yang benar.

Kisah inspiratif ini pun kini mulai menjadi perbincangan hangat. Semoga alam kembali hijau dengan banyaknya kisah inspiratif seperti ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Banyak Petugas KPPS Meninggal, TKN Milenial Gelar Tabur Bunga di CFD

Posted: 27 Apr 2019 09:37 PM PDT

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf membagikan bunga kepada pengunjung car free day dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka mengajak masyarakat untuk ikut mengungkapkan duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf membagikan bunga kepada pengunjung car free day dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka mengajak masyarakat untuk ikut mengungkapkan duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung car free day menaburkan bunga di atas papan bertuliskan

Pengunjung car free day menaburkan bunga di atas papan bertuliskan

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pengunjung car free day meletakan bunga yang diberikan oleh anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf membagikan bunga kepada pengunjung car free day dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka mengajak masyarakat untuk ikut mengungkapkan duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota TKN Milenial Jokowi-Ma'ruf membagikan bunga kepada pengunjung car free day dalam kegiatan tabur bunga di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka mengajak masyarakat untuk ikut mengungkapkan duka atas meninggalnya 272 petugas KPPS dalam Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Cedera, Liverpool Siap Mainkan Firmino untuk Hadapi Barcelona

Posted: 27 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp memberi kabar baik jelang perjumpaan melawan Liverpool. Klopp mengatakan bahwa ada peluang bagi Roberto Firmino untuk bisa bermain di laga melawan Barcelona.

Liverpool akan berjumpa Barcelona pada babak semifinal Liga Champions. Laga leg pertama akan digelar di Camp Nou pada Kamis (2/5) yang akan datang. Pada laga ini, Firmino terancam bakal absen membela The Reds.

Penyerang asal Brasil itu kini sedang berada dalam kondisi cedera. Firmino bahkan absen bermain kala Liverpool meraih kemenangan 5-0 pada laga kontra Huddersfield di lanjutan Premier League, Sabtu (27/4) lalu.

Menurut Jurgen Klopp, kondisi Roberto Firmino saat ini memang cedera. Itu bukan kabar bohong. Namun, manajer asal Jerman memastikan jika cedera yang dialami oleh penyerang andalannya itu tidak terlalu parah seperti yang dikabarkan media.

"Diagnosa resminya adalah dia mengalami robekan kecil di otot yang sangat kecil. Walaupun itu adalah kara 'robek', semuanya masih positif," ucap Klopp dikutip dari Sportsmole.

Bukan hanya kecil, Klopp juga yakin jika pemain yang biasa disapa Bobby itu masih punya peluang bermain dengan Liverpool melawan Barcelona. "Jadi, kondisi Bobby, dia masih sangat mungkin untuk melawan Barca. Tapi, saat ini kami tidak tahu secara pasti," paparnya.

Tak Paksakan

Striker Liverpool, Roberto Firmino berpelukan dengan sang pelatih, Jurgen Klopp. (Foto: AFP)

Jurgen Klopp tidak menampik bahwa peran Firmino sangat penting bagi lini serang Liverpool. Namun, dia juga tidak akan mengambil resiko dengan memaksakan pemain berusia 27 tahun tersebut untuk tampil ketika kondisinya tidak 100 persen.

Tentunya, Klopp tidak ingin cedera yang dialami oleh mantan pemain Hoffenheim tersebut makin parah. Karena itu, Klopp akan memantau kondisi terakhir Firmino sebelum memutuskan dia akan bermain atau tidak.

Lihat Lagi

"Kemungkinan dia bermain lebih besar daripada tidak, tapi kami akan melihat lagi. Dari semua kejahatan yang bisa Anda lakukan, itu yang terbaik. Tapi, dia dalam kondisi yang cukup buruk sehingga tidak bermain (melawan Huddersfield)," ungkap Klopp.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Hingga Satu Meter Masih Genangi Pondok Pinang dan Kembangan Utara

Posted: 27 Apr 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banjir dari luapan air Sungai Ciliwung masih terjadi di Kelurahan Pondok Pinang, Jakarta Selatan dan Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat, Minggu (28/4/2019).

Kepala UPT Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta M Ridwan, mengatakan hingga pukul 06.00 WIB, air setinggi 10-20 sentimeter masih merendam wilayah RW 05 dan RW 08, Kelurahan Pondok Pinang.

Seperti dilansir Antara, Ridwan menyatakan, banjir setinggi 10 hingga 100 cm juga masih merendam pemukiman warga di RW 01, Kembangan Utara.

Menurut Ridwan, banjir di wilayah Jakarta Timur dan beberapa titik di Jakarta Selatan telah surut. Sejak pagi, petugas dari satuan tugas Dinas dan Suku Dinas Sumber Daya Air bersama warga membersihkan endapan lumpur di lokasi banjir yang telah surut, antara lain, di Kebon Baru, Cawang, Kedoya Selatan dan Kembangan Selatan.

Banjir dari luapan air Sungai Ciliwung merendam 43 titik di Jakarta pada Jumat 26 April pagi, tetapi angka itu terus berkurang pada Sabtu (27/4) menjadi 12 titik.

Hingga Minggu pagi, jumlah pengungsi berkurang dari 1.317 jiwa pada Sabtu menjadi 409 jiwa pada Minggu.

Lokasi pengungsian banjir tersebar di tiga lokasi, yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi korban banjir di Cawang (Liputan6.com/ Delvira Chaerani Hutabarat)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Putra Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Kuliah Sambil Wirausaha

Posted: 27 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Yusuf Mannagalli, anak  dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang baru saja meraih gelar Sarjana Kedokteran. Putra ketiga sang guberner berhasil lulus tepat waktu dan meraih indeks prestasi yang baik.

Khofifah menuturkan, semasa kuliah, Yusuf terbilang mandiri dan jarang minta uang saku pada orangtua. Belakangan, Khofifah baru mengetahui bahwa anaknya berdagang sembari menempuh pendidikan tinggi.

"Mulai awal kuliah sampai semester empat itu kan gawat-gawatnya karena jadi penentu bisa lanjut kuliah atau nggak, bisa drop out kalau tidak terpenuhi indeks prestasi minimalnya. Ternyata dia Sabtu-Minggu malah jualan t-shirt di banyak tempat," kata Khofifah lewat keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Hal itu sempat membuat perempuan 53 tahun tersebut kaget. Tapi, semangat berwirausaha yang dimiliki anaknya didukung Khofifah. Terlebih karena putranya memiliki cita-cita positif kelak dalam menjalani profesi sebagai dokter.

"Dia (Yusuf) sering bilang, Ibu, saya punya cita-cita kalau nanti jadi dokter, saya nggak mau hidup saya income-nya dari profesi saya, saya ingin dedikasikan profesi saya untuk berikan pengobatan gratis ke masyarakat. Dia (Yusuf) inginnya dapat income dari wirausaha," tutur Gubernur Jawa Timur tersebut.

Kualitas SDM dan Daya Saing di Era Industri

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri wisuda putra ketiganya. (dok. Tim Khofifah)

Di momen tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan optimisme bahwa SDM berkualitas sangat dibutuhkan di pasar kerja formal dan profesional. Kendati demikian, Khofifah tak bisa dipungkiri kualitas SDM di berbagi sektor pekerjaan selalu berhadapan dengan daya saing, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

"Daya saing tinggi bisa diatasi antara lain kalau SDM kita berkualitas dan secara kuantitatif bisa dipenuhi. Profesi tertentu kita memiliki ahli sangat terbatas. Misal, pakar keuangan Islam sangat dibutuhkan seiring pertumbuhan perbankan syariah. Lalu, pakar artificial intelligence kita juga belum banyak," kata Khofifah.

Juga, Khofifah beranggapan kekurangan serupa masih ada di bidang infrastruktur, pertanian, pengairan, dan perikanan. Sektor-sektor tersebut terbuka menerima skilled labour para sarjana di bidangnya, tapi tetap butuh spesifikasi.

Seperti pakar industri garam yang sesuai dengan karakter ladang garam di Madura, teknologi pertanian untuk meningkatkan produksi padi, jagung, dan sebagainya yang terus berkembang.

Khofifah mengajak untuk melihat bagaimana negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand bisa puny pertumbuhan ekonomi tinggi, investasi yang bagus, dan pemerataan kesejahteraan berjalan dengan baik seiring pertumbuhan ekonomi.

Lebih lanjut, Pemprov juga banyak menggelar job fair di sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK). Yang terbaru dibuka adalah di Jombang yang menyediakan lebih dari dua ribu peluang kerja dengan kualifikasi pekerjaan di berbagai sektor dunia usaha dan industri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Meninggal Saat Aa Gym sedang Umrah

Posted: 27 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kedukaan tengah dirasakan keluarga besar Aa Gym. Ibunda Aa Gym, Yetty Rochayati, meninggal dunia di RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat. Yetty mengembuskan napas terakhirnya di usia 76 tahun pada Minggu (28/4/2019), pukul 05.18 WIB.

Sayangnya, dalam momen menyedihkan tersebut, Aa Gym tak bisa mendampingi sang ibunda. Pasalnya, dalam informasi yang diterima Liputan6.com, dai kondang asal Bandung ini sedang menjalani umrah di Mekah, Arab Saudi.

Hal itu juga terlihat dalam aktivitas Instagram Aa Gym. Beberapa jam sebelum sang ibunda meninggal, laman Instagram Aa Gym tengah memperlihatkan aktivitas umrah rombongan yang dipandunya.

Sedang Umrah

Dengan mengambil foto berlatar Kakbah, Aa Gym menuliskan sebuah pesan menyentuh. Ia mengingatkan semua orang, tentang datangnya kematian.

"Semua kembali kepada Alloh, hati tenang karena mengingat Alloh. ALLOHUSH-SHOMAD, Alloh Tempat Bergantung, Tempat Meminta Segala Sesuatu. Semoga sahabat-sahabat juga bisa merasakan sholat persis di depan Baitullah, mengadukan semua persoalan dan memohon semua doa-doa terbaik."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sedang Kredit Rumah? Ini 3 Tips Biar Cepat Lunas

Posted: 27 Apr 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rumah dengan cara kredit atau KPR saat ini menjadi pilihan favorit yang dipilih oleh kebanyakan orang terutama pasangan muda. Sangat jarang pembeli membayar tunai alias cash, umumnya mereka akan menggunakan kredit sebagai metode pembayarannya.

Biasanya pilihan kredit untuk pelunasan satu rumah dapat begitu lama, sehingga banyak orang yang begitu tenang dan santai. Bahkan cenderung tidak mengusahakan untuk mencari cara untuk melunasinya secepat mungkin dengan dalih sangat susah mengumpulkan uangnya.

Untuk itu, berikut ada 3 tips untuk cepat mengumpulkan uang guna melunasi kredit rumah. Mau tahu apa saja? Penasaran?

Berikut 3 cara yang harus Anda lakukan agar cepat mengumpulkan uang untuk melunasi kredit rumah yang dikutip dari laman Your Money pada Minggu (28/4/2019).

1. Berhematlah

Mungkin kata-kata ini begitu sering Anda dengar. Namun, memang ini adalah cara terbaik untuk segera melunasi segala hutang yang ada termasuk kredit rumah yang saat ini sedang Anda ambil.

Mulailah untuk hidup hemat yang cerdas, mulai dari mengurangi kebiasaan untuk jalan-jalan ke mall, makan di luar rumah, usahakan untuk meminimalkan pengeluaran Anda sebaik mungkin.

 

2. Mulailah Investasi Cerdas

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Anda memiliki investasi? Jika iya maka ini adalah waktu yang baik bagi Anda untuk menggunakannya saat simpanan Anda belum mencukupi untuk membayar cicilan kredit tersebut.

Namun jika Anda masih belum berinvestasi namun sulit menabung, maka inilah cara terbaik mengumpulkan uang untuk melunasi cicilan kredit yang merongrong. Investasi sama saja halnya menabung untuk menjaga kestabilan keuangan Anda.

3. Pilihlah Rumah dengan Pajak yang Aman

Namun cara terbaik yaitu pilihlah rumah dengan pembayaran pajak yang rendah agar nantinya Anda tidak susah untuk membayar. Lakukanlah survei sebanyak mungkin sebelum Anda menentukan akan membeli rumah yang mana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fantastis Bersama Liverpool, Salah Layak Masuk PFA Team of The Year

Posted: 27 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liverpool- Winger Liverpool, Mohamed Salah secara mengejutkan tidak masuk daftar PFA Team of The Year. Padahal, Salah terus membuktikan diri layak masuk itu lewat penampilan apiknya. 

Sang manajer, Jurgen Klopp, ikut bereaksi. "Mo layak masuk tim lagi," kata Klopp, dikutip dari BBC Sports, Jumat (26/4/2019).

Namun, Salah seolah tak peduli dengan itu. Ia mengesampingkan apakah namanya masuk daftar, layaknya rekannya di lini depan Liverpool, Sadio Mane, atau tidak. Salah memilih tetap fokus memberi kontribusi maksimal pada the Reds.

Hasilnya, ia mencetak dua gol dalam kemenangan 5-0 yang ditorehkan Liverpool saat menjamu Huddersfield Town di Anfield, Sabtu dini hari WIB (27/4/2019).

Dua gol itu berarti banyak, secara tim maupun secara personal Salah. Liverpool dan Salah, sama-sama mengukir catatan baru berkat gol itu. Yang pasti, koleksi gol mantan pemain AS Roma itu kini jadi 21. Jumlah itu membuat Salah memuncaki daftar top scorer sementara musim ini. 

Lantas rekor baru apa saja yang ditorehkan pemain 26 tahun itu setelah menjaringkan dua gol untuk Liverpool ke gawang Huddersfield? Berikut selengkapnya.

Mohamed Salah mencetak gol kemenangan Liverpool atas Huddersfield Town pada pekan kesembilan Liga Inggris 2018-19, Sabtu (20/10/2018). (Richard Sellers/PA via AP)

Rekor Baru

1. Salah memecahkan rekor klub dengan mencetak 69 gol di semua kompetisi dalam 100 pertandingan bersama The Reds. Rekor ini sebelumnya dipegang  Roger Hunt dan Sam Raybould dengan 68 gol dalam 100 pertandingan.

2. Mohamed Salah menjadi pemain ketiga dalam sejarah Liverpool yang berhasil mencetak gol terbanyak dalam 100 pertandingan. Dua di antara pemegang rekor ini adalah Robbie Fowler pada 1994-1995 dan Luis Suarez pada 2012-2013.

3. Kerja sama antara Mohamed Salah dan Sadino Mane membuat Liverpool memecahkan rekor sebagai klub pertama yang memiliki dua pemain dengan raihan gol 20-an dalam satu musim, sejak musim 2013-2014 yang dipegang Luis Suarez dan Daniel Sturridge.

Sumber: BBC, Squawka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp: Kesabaran Liverpool Pada Keita Berbuah Manis

Posted: 27 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengatakan kesabaran timnya pada Naby Keita telah berbuah manis. Ia berkaca pada penampilan gemilang sang gelandang dalam beberapa laga terakhir.

Keita gabung Liverpool pada awal musim ini dari RB Leipzig dengan transfer 50 juta pound sterling. Akan tetapi, ia sempat kesulitan beradaptasi dan tersingkir dari tim utama.

Meski demikian, Keita tak menyerah dan terus bekerja keras. Usahanya tak sia-sia karena penampilannya terus membaik.

Dalam lima laga terakhir Liverpool, pemain asal Guinea itu bahkan menyumbangkan tiga gol. Klopp pun puas dengan performa sang gelandang.

Komentar Klopp

(AFP/Oli Scarff)

"Orang-orang berharap jika Anda membayar uang untuk pemain yang datang, sejak hari pertama dia langsung bermain maksimal. Itu akan menyenangkan jika selalu semudah itu. Keita membutuhkan waktu, kami memberinya waktu dan sekarang dia ada di sana," kata Klopp di Soccerway.

"Melawan Huddersfield Town pasti permainan terbaiknya di banyak area. Dia tenang di saat yang tepat, sangat, sangat positif dan agresif di saat yang tepat. Dia memenangkan bola, memblokir bola, menutup celah, mengoper bola, berputar dan menciptakan banyak momen bagus. Itu permainan yang brilian," Klopp menambahkan.

Puncak Klasemen

Liverpool sendiri kini bertengger di puncak klasemen Liga Inggris. The Reds unggul dua poin atas Manchester City yang berada di bawahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir di Rawajati Sisakan Lumpur Setebal 50 Sentimeter

Posted: 27 Apr 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Banjir di sejumlah  wilayah Jakarta menyisakan lumpur yang menggenang di permukiman warga. Tak terkecuali di RT 004 RW 007 Kelurahan Rawajati Pancoran, Jakarta Selatan. RT 004 merupakan salah satu RT terparah yang dilanda banjir. Mengingat RT ini langsung berbatasan dengan bibir Sungai Ciliwung.

Pantauan Liputan6.com di lapangan, warga dibantu oleh petuga kebersihan dari kepolisian, PPSU, Kelurahan, serta Pemadam Kebakaran bahu membahu membersihkan lumpur.

Ketua RT 004 Ihin Sholihin menyatakan, banjir yang menggenang di tempatnya mencapai ketinggian sekitar 3 meter. Banjir tersebut menyisahkan genangan lumpur setinggi kurang lebih 50 sentimeter.

"Warga mulai membersihkan lumpur sekitar jam 3 sore, namun memang sudah ada beberapa yang membersihkan dari jam 11 siang," tutur Sholihin di tempat banjir, Minggu (28/4/2019).

Menurutnya, ada sebanyak 80 KK di RT-nya yang terendam banjir. Sholihin mengaku bahwa dari pihak dinas serta kapolsek stempat sudah memberikan bantuan.

Sementara itu, Ketua RW 007 Kelurahan Rawajati, Sari Budi Handayani mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan bertandang ke lokasi banjir, ternyata belum juga datang.

"Gubernur katanya akan datang kemarin, tapi kami tunggu sampai sore hari tidak kunjung datang, tidak ada keterangan juga kenapa," kata Sari.

Butuh Pasokan Makanan

Warga Rawajati bergotong royong membersihkan sisa banjir.

Mengenai bantuan Sari mengaku sebenarnya obat-obatan sudah dipasok oleh Puskesmas setempat. Namun yang sangat dibutuhkan oleh warganya adalah pasokan makanan.

Ia menuturkan bahwa dapur umum di sana hanya bisa menghasilkan nasi bungkus 200, sedangkan jumlah pengungsinya mencapai 1.325 jiwa.

"Memang ada bantuan 300 nasi bungkus dari Dinsos. 200 tambah 300 hanya 500, masih kurang sekitar 800-an lagi," katanya.

Sari mengaku bahwa dapur umum di sana sangat membutuhkan tenaga untuk memasak.

"Bahan mentah ada, tapi yang masak kurang. Tenaga di sini tidak terbiasa masak cepat," tuturnya.

Ia menuturkan biasanya ada tenaga bantuan yang membantu mereka untuk masak, namun mungkin karena banjirnya baru, maka tenaga bantuan belum ada.

"Ya kami butuh subsidi nasi bungkus.," kata Sari.

Sari menerangkan, bahwa banjir kali ini bukanlah banjir baru. Warganya memang sering dilanda banjir, bahkan tahun-tahun kemarin hingga berbulan-bulan.

"Tahun kemarin sekitar bulan Pebruari, makanya kami heran harusnya bulan-bulan ini sudah kering tapi malah banjir," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Paris Imbau Warga Bersihkan Abu Bercampur Timbal Efek Kebakaran Notre Dame

Posted: 27 Apr 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Kepolisian kota Paris memberi peringatan kepada sejumlah masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Notre Dame untuk berhati-hati pada timbal -- zat yang dihasilkan dari bangunan bersejarah yang terbakar beberapa hari lalu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (28/4/2019), polisi wilayah itu juga mengimbau masyarakat untuk membersihkan kaca dan rumah mereka dengan handuk basah akibat abu yang berterbangan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, abu dari pembakaran itu mengandung timbal sehingga sangat berbahaya apabila masuk ke dalam saluran pernapasan manusia.

Peneliti menemukan ada kandungan timah dalam abu itu. Polisi menekankan bahwa efek yang dirasakan bukan jangka pendek.

Tetapi efeknya akan terjadi dikemudian hari apabila tidak dilakukan pencegahan yang signifikan.

"Berkenaan dengan peristiwa terbakarnya Notre Dame, kami menyarankan agar warga terutama yang tinggal di sekitar gereja untuk membersihkan rumah mereka dari debu dan abu," ujar polisi dalam pernyataannya.

Selain rumah warga, polisi juga meminta pihak kebun dan taman di area Notre Dame untuk melakukan hal serupa.

Sementara itu, Juru Kampanye Lingkungan Prancis Robin des Bois menyampaikan bahwa ada sekitar 300 ton timah dari atap dan menara katedral yang hangus oleh api. Bois juga memperkirakan bahwa suhu saat Notre Dame terbakar mencapai 800 derajat Celcius.

"Akibat hal itu katedral telah direduksi menjadi limbah beracun," ujar asosiasi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Bois juga mendesak pihak berwenang untuk mendetoksifikasi puing abu dan air limbah yang dihasilkan dari efek pembakaran tersebut.

Terbakar 15 April 2019 Malam

Katedral Notre Dame de Paris (sumber. touropia.com)

Asap tebal mengepul dari Katedral Notre Dame de Paris, Prancis pada Senin 15 April 2019 malam waktu setempat. Tampak api menyebar dengan cepat dan melahap sebagian bangunan katedral, termasuk menara lonceng.

Para petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke rumah ibadah bersejarah itu, berusaha meredam jilatan api. Sebanyak 400 personel petugas diterjunkan dalam operasi pemadaman, demikian dikutip dari CNN.

Kebakaran di Katedral Notre Dame de Paris, Prancis terjadi hanya beberapa hari sebelum Paskah. Tentu saja insiden itu bikin khawatir warga Paris dan wisatawan, yang terbiasa berkunjung ke sana di tengah momentum itu. 

Bangunan kuno ini merupakan salah satu simbol dari kota Paris. Notre Dame menyimpan banyak sejarah.

Lokasi yang Paling Banyak Dikunjungi

Katedral Notre Dame de Paris Terbakar pada Senin 15 April 2019 (AFP / FRANCOIS GUILLOT)

Prancis adalah salah satu negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan dunia. Cukup mengejutkan, monumen yang paling banyak dikunjungi bukanlah Menara Eiffel, melainkan Katredal Notre-Dame.

Lebih dari 13 juta pengunjung melewati gerbang Notre-Dame setiap tahun. Itu berarti, katedral ini menyambut sekitar 35 ribu pengunjung dalam sehari.

Jika Anda ingin menghindari keramaian, maka disarankan untuk mengunjungi Notre-Dame lebih awal. Gerbang akan dibuka pada pukul 07.45 waktu setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diikuti 2.000 Peserta, Aksi Kumur Bersama Raih Rekor MURI

Posted: 27 Apr 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 2.000 warga terlibat dalam Aksi Kumur Bersama secara serentak menggunakan Enkasari Mouthwash di Jakarta dan Bandung. Momentum ini berhasil mencetak rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Rekor MURI atas Aksi Kumur Bersama menggunakan Enkasari Mouthwash yang diikuti 2.000 peserta itu diterima Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir dan Direktur Pengembangan Bisnis, Pujianto beserta jajaran manajemen.

"Bertepatan dengan peluncuran Enkasari Mouthwash, Kimia Farma ingin mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut secara rutin dan teratur menggunakan obat kumur yang halal. Enkasari Mouthwash ini tidak mengandung alkohol dan bebas gula sehingga sangat cocok digunakan untuk keperluan pribadi dan keluarga," kata Honesti Basyir, Sabtu 27 April 2019.

Enkasari Mouthwash hadir dengan tiga varian rasa, yaitu Peppermint, Freshmint dan Citrusmint. Berbagai manfaat dapat dirasakan melalui penggunaan Enkasari Mouthwash dengan cara dikumur, yakni menghilangkan bau napas tak sedap, membunuh bakteri, melawan karang gigi, menjaga kesegaran mulut serta manfaat kesehatan gigi dan mulut lainnya.

"Tentunya kami berharap Enkasari Mouthwash ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat terkait produk perawatan gigi dan mulut. Selain memenuhi standar kehalalan produk, Enkasari Mouthwash terbuat dari bahan-bahan alami sesuai pilihan masyarakat, yaitu back to nature," ungkap Pujianto.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) farmasi, Kimia Farma berkomitmen untuk berinovasi dalam menghasilkan produk-produk kesehatan bagi masyarakat. Kehadiran Enkasari Mouthwash Herbalcare Protection diharapkan dapat memenuhi kebutuhan produk berkualitas, berkhasiat dan terjangkau bagi masyarakat.

Enkasari merupakan obat kumur cair yang diproduksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Produk yang dapat mengobati sariawan ini terbuat dari bahan-bahan alami. Di samping itu, Enkasari juga mencegah infeksi pada sariawan, menyegarkan mulut dan menghilangkan bau mulut.

Dengan kombinasi komposisi yang dikembangkan tim RND PT Kimia Farma (persero) Tbk yaitu mengandung Xanthorrizhol (XNT), Green Tea Extract, Menthol dan Water; Enkasari Mouthwash dapat membasmi bakteri yang menyebabkan napas tak sedap dan mampu memberikan kesegaran pada mulut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Avengers: Endgame, Wanita Ini Menangis sampai Masuk Rumah Sakit

Posted: 27 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Demam Avengers: Endgame saat ini sedang melanda dunia. Bahkan, lantaran film puncak dari waralaba Marvel Cinematic Universe ini, seorang mahasiswa di Tiongkok sampai mengalami masalah kesehatan.

Mahasiswa perempuan ini dilarikan ke rumah sakit setelah dia menangis tanpa henti. Media setempat melaporkan bahwa napasnya mengalami hiperventilasi.

Mengutip Epoch Times pada Minggu (28/4/2019), wanita berusia 21 tahun ini awalnya menonton Avengers: Endgame bersama teman-temannya pada 24 April di Ningbo, Zheijiang, Tiongkok Timur. Penayangan awalnya berjalan lancar selama hampir 3 jam.

Ketika memasuki babak akhir, di mana sebuah adegan mengharukan berlangsung, para penonton mulai terisak-isak. Perempuan muda ini pun ikut menangis tersedu-sedu.

Dilaporkan bahwa dia mulai menangis sangat keras dalam durasi yang lama. Kondisi itu membuatnya merasakan sakit di dada, hingga tangan dan kakinya mati rasa. Jari-jari tangannya juga tidak bisa digerakkan dan terkunci di posisi mencakar.

Tanggapan Warganet

Avengers: Endgame (Marvel Studios)

Dia segera dilarikan ke rumah sakit. Dokter akhirnya memberikan oksigen untuk menenangkan napasnya. Dikutip dari Next Shark, petugas medis juga membantu mengembalikan gas dalam darahnya hingga ke tingkat yang normal.

"Dengan menenangkan emosinya dan memberinya oksigen, kami berhasil mengendalikan napasnya dan mengurangi gejalanya," kata dokter yang menangani perempuan dengan identitas disembunyikan itu.

Kejadian ini mendapatkan tanggapan beragam dari pengguna media sosial Weibo.

"(Dia) benar-benar penggemar sejati," tulis salah seorang warganet sembari menyindir. Meski begitu, ada juga yang menunjukkan rasa simpatinya.

"Saya juga patah hati saat film berakhir, tetapi saya berhasil kuat dan menghindari dirawat di rumah sakit," tulis pengguna Weibo lainnya.

 

Apa Itu Hiperventilasi?

Ilustrasi menangis (iStock)

Webmd menyatakan bahwa hiperventilasi berarti pola pernapasan yang berubah karena menarik napas lebih dalam dan bernapas lebih cepat daripada kondisi normal. Ini membuat kadar karbondioksida dalam darah turun terlalu rendah.

Hiperventilasi terjadi pada orang berusia 15 sampai 55 tahun. Ini bisa terjadi ketika Anda gugup, cemas, atau stres. Pada wanita, gangguan ini lebih sering terjadi.

Meski bisa ditangani dengan cepat, ada kalanya hiperventilasi sering terjadi. Apabila kondisi ini sering dialami, seseorang mungkin mengalami sindrom hiperventilasi.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Intervensi Timses, Pemilu Lanjutan di Palembang Ricuh

Posted: 27 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Palembang - Kericuhan terjadi di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kelurahan Sungai Buah Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), saat terjadi Pemilihan Umum (Pemilu) lanjutan.

Pada Sabtu (27/4/2019) siang, beberapa orang oknum yang mengaku dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Sumsel Prabowo-Sandi berdebat dengan panitia di meja pendaftaran TPS 12.

Mereka diduga protes terhadap salah satu Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah melakukan pencoblosan di TPS 12 di Jalan Sabokingking, RT 07 RW 01 Kelurahan Sungai Buah Palembang.

Salah satu oknum timses tersebut, diduga mengintervensi dan menyuruh Ketua KPPS 012, agar membuat berita acara kesalahan pencoblosan tersebut.

Aswin Hidayat Ketua RT 07 Palembang mengatakan memang ada keributan antara petugas TPS 12 dan oknum timses dari pasangan calon (paslon) Pemilihan Presiden (Pilpres) Prabowo-Sandiaga Uno.

"Mereka protes karena ada yang mencoblos tadi, padahal sebelumnya memang warga tersebut ditolak panitia. Warga tersebut datang kedua kalinya dan bisa mencoblos sesuai rekomendas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Sungai Buah," ujarnya kepada Liputan6.com.

Warga tersebut memang sudah datang pada pemilu di tanggal 17 April 2019, namun tidak mencoblos lima surat suara, karena surat suara Pilpres tidak ada. Nama warga tersebut pun memang ada, namun tidak termasuk dalam 30 DPT yang terdaftar di pemilu susulan.

Menurut Ruslan Ketua KPPS 012, warga yang mencoblos tersebut memang terdaftar dari daftar nama DPT di pemilu awal. Namun tidak terdaftar di DPT yang diajukan di pemilu lanjutan.

"Ada namanya di absen, tapi sudah kita tolak. Kami juga bingung, apakah DPT yang belum mencoblos di pemilu awal, namun tidak terdaftar di pemilu lanjutan," katanya.

"Bisa tidaknya menggunakan hak suaranya. Itu yang akan kami tanyakan, makanya tadi agak ricuh," kata Ketua KPPS 012 Palembang ini.

"Pemantau pemilu juga tidak boleh masuk, hanya boleh di luar TPS. Tidak boleh juga ada intervensi sama sekali," katanya.

Diakuinya, oknum timses tersebut memang menyuruh Ruslan untuk membuat berita acara tentang kesalahan pencoblosan tersebut.

Oknum Timses Pilpres

Salah satu oknum timses capres berbaju biru tampak duduk di meja panitia TPS 012, di tengah proses pencoblosan pemilu lanjutan di Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

 

Mereka masih akan berkonsultasi dengan PPK, apakah berita acara tersebut diserahkan ke KPU Palembang atau tidak.

Oknum timses tersebut ternyata mengaku bernama Abdisyah, yang menjadi anggota Satber Satgas BPN Sumsel Prabowo-Sandi.

Dia menginginkan diwawancarai bersamaan dengan panitia TPS. Namun saat dimintai keterangan, dia enggan diwawancarai karena telah awak media telah wawancara terlebih dahulu dengan panitia TPS.

Sri Maryanti, Kordib Hukum Data Informasi Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Palembang mengungkapkan, ada beberapa panitia yang boleh masuk ke dalam TPS.

Rekomendasikan Warga Mencoblos

Surat keterangan berita acara yang dibuat Ketua KPPS 012 usai berdebat dengan oknum timses capres saat pemilu lanjutan (Liputan6.com / Nefri Inge)

"Yang boleh masuk hanya petugas KPPS, petugas TPS, saksi yang membawa mandat Pilpres dan pemilih yang terdaftar sebagai DPT, selain itu tidak boleh," katanya.

Bawaslu Palembang juga menyayangkan jika ada oknum luar dari panitia TPS, yang diduga melakukan intervensi saat pemilu lanjutan. Karena proses pelaksanaan pemilu lanjutan, harus benar-benar netral dan tidak keberpihakan.

Desi, anggota PPS Sungai Buah Palembang mengungkapkan, dia yang merekomendasikan salah satu warga yang akan mencoblos di TPS 012.

"Warga tersebut mau mencoblos tapi ditolak. Saat datang kedua kali, saya mengecek surat C7 dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) memang sesuai. Syarat itu sudah bisa memilih di TPS, karena dia belum mencoblos sebelumnya," ungkapnya.

Dia pun mendengar adanya kericuhan tersebut. Namun Desi sempat bingung karena ada intervensi dari pihak luar panitia di TPS.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia: AC Milan Tantang Torino

Posted: 27 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia telah memasuki pekan ke-34. Meski Juventus telah memastikan gelar, namun persaingan di papan klasemen masih terus memanas.

Ya, persaingan panas terjadi untuk memperebutkan tiket ke kompetisi Eropa. Apalagi selisih poin antara posisi kedua hingga kedelapan masih sangat ketat.

Napoli berpeluang menjaga posisinya di peringkat kedua Liga Italia. Syaratnya, mereka harus menang melawan Frosinone.

Sementara AC Milan bisa kembali ke zona empat besar jika menang melawan Torino dinihari WIB nanti. Jika imbang atau kalah, AC Milan terancam Atalanta yang punya jumlah poin yang sama.

Berikut jadwal Liga Italia selengkapnya:

 

Jadwal Liga Italia

Penyerang Juventus, Paulo Dybala, melakukan selebrasi usai membobol gawang AC Milan pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (6/4). Juventus menang 2-1 atas AC Milan. (AP/Andrea Di Marco)

Minggu (28/4/2019)

17.30 WIB Frosinone Vs Napoli

20.00 WIB SPAL Vs Genoa

20.00 WIB Chievo Vs Parma

23.00 WIB Sampdoria Vs Lazio

Jadwal Selanjutnya

Senin (29/4/2019)

01.30 WIB Torino Vs AC Milan

Selasa (30/4/2019)

00.00 WIB Atalanta Vs Udinese

02.00 WIB Fiorentina Vs Sassuolo

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antar Jenazah Nenek, Putri Aa Gym Menangis di Ambulans

Posted: 27 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ibunda Aa Gym, Yetty Rochayati, meninggal dunia di RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/4/2019) pukul 05.18 WIB. Yetty mengembuskan napas terakhirnya di usia 76 tahun.

Meninggalnya Yetty Rochayati membuat keluarga besar Aa Gym berdukacita. Salah satunya putri Aa Gym, Ghaida Tsurayya. Melalui Instagram Story, Ghaida terlihat menumpangi mobil ambulans yang mengantar jenazah Yetty ke rumah duka.

Ghaida duduk tepat di hadapan keranda jenazah ibunda Aa Gym. Sebagai cucu, Ghaida tak bisa menahan kesedihan melihat orang yang dicintainya pergi untuk selamanya.

Sepanjang jalan, terdengar suara isak tangis Ghaida ketika merekam momen pilu tersebut. Ia pun mengungkapkan rasa cintanya untuk sang nenek yang dikenal begitu dekat dengan cucu-cucunya.

"Semua akan kembali kepadaNya. Selamat jalan enin, we love you," tulis Ghaida Tsurayya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Sepuluh Tahun Berlalu, Artis-Artis Ini Masih Awet Muda

Posted: 27 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang tentu ingin menjadi awet muda. Ya, awet muda tampaknya telah menjadi impian semua orang tak hanya wanita, tapi juga pria.

Hal itu membuat banyak orang melakukan berbagai cara agar memiliki wajah tampak awet muda. Mulai dari banyak mengonsumsi sayur, melakukan perawatan hingga menghindari polusi udara.

Bagi kalian yang ingin awet muda, patut iri dengan deretan artis berikut ini. Pasalnya mereka dinobatkan sebagai artis yang tak pernah menua. Artis-artis tampak seperti tak menua setelah 10 tahun, terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni kisah bocah SD menemani sang ayah yang tunanetra berjualan kerupuk setiap hari. Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai gadis yang tak memiliki jari, tapi memenangkan kompetisi menulis indah.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Awet Muda, Artis-Artis Ini Nampak Seperti Tak Menua Setelah 10 Tahun

foto: Brightside

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. Kisah Bocah SD Temani Ayahnya yang Tuna Netra Jualan Kerupuk Setiap Hari

foto: Muhammad Ramlan/@makassar_iinfo

Masa-masa sekolah harus menjadi masa paling menyenangkan bagi anak-anak. Tak hanya sekolah, anak-anak biasanya memenuhi hari-harinya dengan bermain. Namun hal ini nampaknya tak bisa dilakukan oleh seorang bocah SD asal Makassar bernama Ikhsan.

Selengkapnya...

 

3. Tak Memiliki Jari, Gadis Ini Justru Menangkan Kompetisi Menulis Indah

(Foto: WJZ)

Seorang gadis 10 tahun bernama Sara Hinesley nampaknya baru saja menciptakan sejarah baru. Sara baru saja memenangi sebuah kompetisi menulis indah di Amerika Serikat. Padahal dirinya memiliki keterbatasan fisik yaitu pada bagian jarinya.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Urutan Nonton Film Marvel, Sebelum Avengers Endgame

Posted: 27 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terkenal dengan banyak tokoh superheronya, Marvel Cinematic Universe tak henti terus meluncurkan berbagai film yang berkesinambungan. Film CAPTAIN AMERICA: THE FIRST AVENGER mengawali project MCU pada tahun 2011, dilanjutkan dengan deretan film MCU yang lain. Ingin tahu apa saja?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo: Ada 1.645 Hoaks Terkait Capres dan Pemilu 2019

Posted: 27 Apr 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran hoaks dan misinformasi meningkat tajam sepanjang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, termasuk ketika Pemilu telah berlangsung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mencatat, sepanjang Agustus 2018 hingga 25 April 2019 teridentifikasi ada 1.645 konten hoaks.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan, "Ada 1.645 hoaks yang kami klasifikasi, identifikasi, dan validasi dari Agustus tahun lalu."

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Chief RA ini mengatakan, jumlah hoaks yang diidentifikasi, terutama yang berkaitan dengan Pemilu 2019 meningkat signifikan setiap bulannya.

Berdasarkan data Kemkominfo, pada Agustus 2018, mereka berhasil mengidentifikasi 25 hoaks.

Kemudian pada Desember 2018, jumlah hoaks yang diidentifikasi meningkat tiga kali lipat menjadi 75 hoaks.

Sementara, pada Januari 2019, jumlah hoaks yang teidentifikasi meningkat jadi 175 hoaks. Jumlah tersebut naik drastis menjadi 353 hoaks pada Februari 2019.

Kemudian, pada Maret 2019 teridentifikasi sebanyak 453 hoaks dan per 25 April 2019 ditemukan 421 hoaks.

"Kalau hoaks bertambah banyak, artinya kita ini betul-betul hidup di era yang kurang etis, kurang beradab (hanya karena hoaks)," katanya.

Hoaks Terkait Capres

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lebih lanjut, Rudiantara menyebut hoaks terkait Capres-Cawapres, baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto telah berhasil ditemukan oleh Kemkominfo sejak Agustus 2018.

"Terakhir bulan April meningkat, padahal udah lewat hari pencoblosan, tapi hoaks masih saja terjadi, lebih kepada Capresnya," tutur dia.

Rudiantara mengatakan, motif hoaks yang dilakukan kepada kedua capres berbeda-beda. Momentumnya lebih dikaitkan dengan jiwa kepemimpinan. Sementara, hoaks yang ditujukan pada Cawapres Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno nyaris nihil.

"Pokoknya dibikin hoaks, dibuat seolah-olah jelek bahwa tidak layak dipilih, kurang lebih kayak gitu," ujarnya.

Imbau Tak Sebar Hoaks

Menkominfo Rudiantara, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan Misbah dan Ketua KPU Arief Budiman saat menghadiri acara Deklarasi Internet Bebas Hoax dalam Pilkada 2018 di Kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (31/1). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Rudiantara mengimbau agar jelang penghitungan suara dan pengumuman resmi KPU pada 22 Mei mendatang, masyarakat tak lagi menyebarkan hoaks.

"Saya berharap sebetulnya setelah Pilpres jumlah hoaks menurun, namun perkiraan saya justru bulan April lebih tinggi. Sudahlah, bulan April ini terakhir perang hoaks, kepada semua siapapun. Karena tidak bagus," kata Rudiantara.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pebasket IBL Mulai Dilirik Apparel Internasional

Posted: 27 Apr 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cabang olahraga bola basket semakin populer saja di Indonesia. Pertandingan basket profesional yang digelar di tanah air selalu dipadati penonton baik Indonesia Basketball League (IBL), Srikandi Cup maupun ASEAN Basketball League (ABL). Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket tahun 2023.

Semakin digemarinya bola basket di Indonesia juga membuat perusahaan apparel asal Amerika Serikat, Under Armour akan memberikan perhatian lebih ke cabang olahraga ini. Mereka mulai mendaulat dua pebasket muda tanah air sebagai influencer. 

Kedua pemain yang dipercaya Under Armour adalah small forward Satria Muda Juan Laurent Kokodiputra dan guard Hangtuah Abraham Wenas.

"Senang bisa dipercaya sebagai influencer Under Armour Indonesia. Semoga semakin banyak brand luar melirik pebasket tanah air," ujar Abraham Wenas.

Meski belum dikontrak sebagai duta Under Armour, kedua pebasket IBL ini juga sudah mendapat kesempatan menjajal sepatu dan perlengkapan tanding Under Armour.

"Sejak pertengahan musim lalu saya sudah berkesempatan memakai sepatu Under Armour. Semoga bisa menjadi duta Under Armour kedepannya seperti Deddy Corbuzier dan Ade Rai," lanjut Wenas yang bersama Juan Laurent turut menghadiri peresmian toko kedelapan Under Armour di Indonesia yang terletak di Pondok Indah Mall 1, Sabtu (27/4/2019).

 

Stephen Curry

Ade Rai saat Pembukaan toko baru Under Armour (Liputan6.com/Thomas)

Sebagai catatan, untuk area global Under Armour cukup banyak mengontrak pebasket NBA sebagai duta. Mulai dari Stephen Curry (Golden State Warriors) , Joel Embiid (Philadelphia 76ers) hingga Dennis Smith Jr (New York Knicks).

"Fokus kami Under Armour Indonesia selanjutnya akan ke bola basket ya. Kita berencana bikin event bola basket dalam waktu dekat," ujar Marcomm Under Armour Indonesia Bugi Setiawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktivis Gelar Aksi Lakban Mulut Tolak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Posted: 27 Apr 2019 08:51 PM PDT

Aktivis Aliansi Cerahkan Negeri menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Dalam aksinya, para aktivis melakban mulut sebagi simbol dibungkamnya suara mereka. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis Aliansi Cerahkan Negeri menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Dalam aksinya, para aktivis melakban mulut sebagi simbol dibungkamnya suara mereka. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi itu menolak disahkannya RUU PKS yang tengah dibahas oleh DPR karena dinilai tidak berazaskan agama. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Aksi itu menolak disahkannya RUU PKS yang tengah dibahas oleh DPR karena dinilai tidak berazaskan agama. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka menilai disahkannya RUU PKS yang tengah dibahas DPR dapat meningkatkan perilaku seks bebas & aborsi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka menilai disahkannya RUU PKS yang tengah dibahas DPR dapat meningkatkan perilaku seks bebas & aborsi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka menilai disahkannya RUU PKS dapat mengakibatkan menjamurnya LGBT dan legalitas pelacuran. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Mereka menilai disahkannya RUU PKS dapat mengakibatkan menjamurnya LGBT dan legalitas pelacuran. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Para aktivis membawa poster penolakan dan melakban mulut sebagi simbol dibungkamnya suara mereka. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Aktivis menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) di area car free day, Bundaran HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019). Para aktivis membawa poster penolakan dan melakban mulut sebagi simbol dibungkamnya suara mereka. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Minta Karyawan Garuda Batalkan Rencana Mogok Kerja

Posted: 27 Apr 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengomentari ancaman Serikat Karyawan Garuda Indonesia yang terdiri dari Serikat Karyawan Garuda Indonesia (SEKARGA) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) dan Dewan Pimpinan Cabang Awak Kabin yang berencana untuk melakukan aksi mogok dalam waktu dekat ini.

Aksi mogok tersebut menyikapi kisruh yang terjadi pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang berlangsung pada 24 April 2019.

Menhub Budi mengimbau agar aksi mogok kerja tersebut tidak dilakukan.

"Ya besok kan katanya. Saya menghimbau agar semua stakeholders itu menahan diri, termasuk Serikat Pekerja, jangan lakukan itu (mogok kerja)," kata Menhub Budi saat ditemui di Kawasan CFD Bunderan HI, Jakarta, Minggu (28/4/2019).

Kendati demikian, dia optimis kabar mengenai rencana aksi mogok tersebut tidak akan mengganggu operasional penerbangan secara umum.

"Insya Allah tidak. Makanya saya bilang Insya Allah tidak. Kami minta mereka menahan diri," ujarnya.

Dia mengaku akan segera melakukan komunikasi dengan serikat pekerja yang berencana melakukan aksi mogok tersebut.

"Nanti hari Senin saya akan kirim surat ke mereka," tutupnya.

 

Penolakan Lapkeu oleh Dua Komisaris Garuda

Ilustrasi (Istimewa)

Sebelumnya, Ketua Umum SEKARGA Ahmad Irfan menjelaskan, dalam RUPST tersebut, dua komisaris yaitu Chairal Tanjung dan Dony Oskaria yang mewakili PT Trans Airways dan Finegold Resources Ltd menyampaikan penolakan terhadap laporan keuangan perseroan periode 2018.

Namun meskipun ada penolakan, RUPST tetap mensahkan laporan keuangan yang menyatakan bahwa Garuda mencatatkan laba bersih USD 809.846 atau setara Rp 11,49 miliar. Alhasil, Ahmad Irfan melanjutkan, kedua komisaris tersebut berbicara di luar RUPST.

Menurutnya, langkah yang dilakukan oleh kedua komisaris tersebut tidak elok. "Para pemegang saham dan komisaris itu kan bisa berkomunikasi di dalam. Mereka punya alat untuk itu. Jangan ngomong di luar," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (27/4).

Akibat dari aksi atau pernyataan komisaris di luar RUPST Garuda Indonesia tersebut, maka kepercayaan masyarakat rusak. Harga saham Garuda Indonesia di pasaran pun akhirnya turun signifikan. Pernyataan tersebut telah berpengaruh terhadap kepercayaan pelanggan setia Garuda Indonesia.

"Akhirnya dampaknya ke kami-kami juga sebagai karyawan. Kami mencari nafkah di situ," kata Ahmad Irfan.

Atas pertimbangan tersebut, seluruh karyawan Garuda Indonesia pun memutuskan untuk melakukan aksi mogok termasuk di dalamnya penerbang dan pramugari. Mengenai kepastian kapan aksi tersebut akan dilakukan, Ahmad Irfan masih belum memutuskan.

"Ini kami imbau dulu ke pemegang saham dan komisaris. Jika tak bisa kami baru bergerak karena untuk menentukan waktu itu butuh banyak pertimbangan," tandasnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendikbud Siapkan Kuota 150 Ribu Rekrut Guru Honorer Melalui PPPK

Posted: 27 Apr 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyatakan, pihaknya akan segera menuntaskan masalah perekrutan guru honorer.

Menurutnya, Kemendikbud sudah menyiapkan kuota sebesar 150 ribu guru honorer yang dapat direkrut melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Tahun 2019 ini, Februari kemarin kita sudah rekruitmen tes melalui jalur PPPK, terutama untuk mereka yang usianya sudah di atas 35 tahun, yang tidak mungkin mengikuti tes melalui jalur PNS," jelasnya di sela acara jalan sehat di Lapangan Kantor Kemendikbud Jakarta, Minggu (28/4/2019). 

Pihaknya berharap tahun ini juga bisa dibuka kembali jalur PPPK untuk guru honorer yang masa kerjanya di atas 15 tahun.

"Ini akan kita selesaikan secara bertahap, Insyallah sampai perkiraan saya 2023 akan kelar guru honorer ini," Muhadjir mengakhiri.

UN Lancar

Mendikbud Muhadjir Effendi membuka acara jalan sehat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjalan mulus. 

"79 persen untuk SMP, untuk SMA sudah 90 persen. SMP karena jumlahnya lebih banyak dari SMA," tuturnya.

Muhadjir menegaskan, pihaknya juga sudah mengajukan agar daerah yang masih kekurangan sarana dan prasarana komputer dapat segera dipenuhi kebutuhannya.

"Kita harapkan 100 persen tahun depan. Pak Menteri Komunikasi dan Informasi juga janjikan akan ada 100 ribu sekolah yang akan dipasang jaringan baru, terutama SMP," ujarnya.

Muhadjir berharap dirinya bisa mengakhiri periode Kabinet Kerja pada Oktober 2019 di sektor pendidikan dengan baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Benda Sehari-Hari, Mini Avengers Ini Perankan Aksinya dalam Film

Posted: 27 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di film Marvel, banyak sekali superhero yang di mana mereka bertugas untuk menjaga perdamaian. Superhero ini mampu melindungi orang dengan kemampuan super yang digunakan untuk memberantas kejahatan.

Para superhero digambarkan dalam berbagai komik. Karakter superhero tidak hanya dari Marvel saja, namun ada pula yang dari DC.

Adapun superhero dari Marvel Cinematic Universe ialah Spiderman, Hulk, Thor, Iron Man dan lain sebagainya. Sementara superhero dari DC ialah Batman, Superman, Aquaman dan masih banyak lainnya.

Nah, ada seorang seniman pembuat miniatur bernama Tanaka Tatsuya membagikan karya-karyanya dalam menata action figure ini. Bukan hanya ditempatkan biasa, melainkan ia memadukannya dengan benda-benda sekitar selayaknya sedang perankan aksi dalam film.

Karyanya dimuat dalam akun Instagram @tanaka_tatsuya dan websitenya miniature-calendar. Penasaran dengan karyanya? Yuk simak karya Tanaka Tatsuya dilansir Liputan6.com dari akun Instagram dan websitenya, Minggu (28/4/2019).

Miniatur Perankan Aksi Seperti Dalam Film

1. Pertarungan Avengers: Endgame, saat melawan Thanos

Aksi dalam Avengers: Endgame (Sumber/miniature-calendar)

2. Ant-Man ketika dikejar polisi dari coklat dalam seri kedua

Aksi Ant-Man dalam seri kedua (Sumber/miniature-calendar)

Miniatur Perankan Aksi Seperti Dalam Film

3. Thor ketika memanggil petirnya yang berupa sawi

Thor ketika memanggil petirnya (Sumber/miniature-calendar)

4. Captain Marvel saat terbang dengan potongan sayur kol sebagai efeknya

Kapten Marvel saat terbang (Sumber/miniature-calendar)

Miniatur Perankan Aksi Seperti Dalam Film

5. Doctor Strange membuat portal dari onion ring

Doctor Strange membuat portal dari cemilan (Sumber/miniature-calendar)

6. Spiderman memecahkan layar handphone yang sekilas seperti jaringnya

Spiderman memecahkan layar handphone (Sumber/miniature-calendar)

Miniatur Perankan Aksi Seperti Dalam Film

7. Iron Man terbang di antara gedung berupa baut dan saat meluncur dengan efek dari snack

Iron Man terbang diantara gedung dan saat meluncur (Sumber/miniature-calendar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Dikritik, Suarez Merasa Pantas Jadi Nomor 9 Barcelona

Posted: 27 Apr 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Striker Barcelona, Luis Suarez, mengaku tak terlalu memusingkan kritik yang menerpanya. Ia juga merasa pantas menjadi Nomor 9 di Camp Nou.

Suarez gabung Barcelona sejak 2014. Ia telah mencatatkan 245 penampilan di semua kompetisi dan menciptakan 176 gol. Pemain asal Uruguay itu juga menyumbangkan 13 trofi.

"Aku telah memenangkan banyak trofi, mungkin lebih dari yang aku perkirakan, tapi itu wajar jika Anda bermain untuk klub ini," kata Suarez kepada Daily Mail.

"Dan aku menjadi pencetak gol ketiga tertinggi Barcelona di La Liga. Bayangkan itu, dengan semua pemain hebat yang telah membela klub ini. Aku pikir aku telah menghasilkan performa bagus dan layak memakai jersey nomor 9 di klub ini."

 

 

Mandul di Liga Champions

(AFP/Javier Soriano)

Meski banjir prestasi, Suarez sering dikritik karena performanya di Liga Champions. Ia mandul di kompetisi itu sejak 2015.

"Itu tidak membuatku susah tidur. Aku satu-satunya pemain di Eropa yang mampu mendekati Messi dan Cristiano Ronaldo dalam perebutan Sepatu Emas dalam lima tahun terakhir. Dan dua kali aku memenangkannya."

"Mereka mengatakan semuanya. Aku menertawakannya. Anda harus belajar bagaimana hidup dengan kritik. Ada tuntutan besar di sini," Suarez menambahkan.

Statistik Suarez

Musim ini, Suarez sudah membela Barcelona dalam 47 pertandingan di semua kompetisi. Pemain 32 tahun itu juga menyumbangkan 24 gol dan 12 assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski Diguyur Hujan Jenita Janet Sukses Buat Para Tamu di PLBN Entikong Bergoyang

Posted: 27 Apr 2019 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Geliat pariwisata di perbatasan terus dihidupkan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar), kali ini melalui Festival Crossborder Entikong 2019 yang kembali digelar di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Sabtu (27/4). Supaya suasana kian meriah dihadirkan penyanyi dangdut Jenita Janet yang sukses memeriahkan acara tersebut.

Meski diguyur hujan, kehadiran Jenita Janet membuat tapal batas Indonesia tersebut heboh. Saking hebohnya para tamu VIP yang datang pun ikut berjoget bersama Jenita di atas panggung. Termasuk juga Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung yang ikut berduet bersama Jenita.

"Entikong luar biasa. Alamnya keren, budayanya apalagi. Masyarakatnya pun luar biasa. Ini bukti Kemenpar begitu memperhatikan pariwisata di seluruh Indonesia," ujar Jenita disambut riuh para penonton.

Selain Jenita, berbagai sajian budaya juga turut meramaikan festival tersebut. Dari mulai tarian adat Dayak, Melayu bahkan Jawa. Bukan itu saja berbagai games interaktif pun membuat Festival Crossborder Entikong 2019 makin berwarna. Apalagi suguhan berbagai produk unggulan Entikong pun tak luput dipersembahkan.

Adella mengatakan, Kemenpar akan terus menyajikan acara yang menarik di perbatasan. Hal ini guna semakin menghidupkan sektor pariwisata di perbatasan Indonesia.

"Festival crossborder selalu penting, terutama untuk menaikan jumlah kunjungan wisman. Kalau jumlah kunjungan wisman naik, maka perekonomian masyarakat akan tumbuh melalui beragam transaksi. Untuk itu, kami berikan konsep hiburan terbaik," ujar Adella.

Menurut Adella, atraksi ini tentunya untuk memperkuat berbagai keunggulan pariwisata Entikong dan tentunya Kabupaten Sanggau.Untuk itu Adella pun mengingatkan betapa pentingnya CEO commitment untuk semakin memepercepat laju pariwisata di Entikong dan sekitarnya.

"Pariwisata itu cara cepat mengangkat perekonomian daerah. Apalagi Entikong memiliki potensi melimpah. Dukungan dari pusat pun kuat. Infrastruktur terus digenjot. Atraksinya terus didukung Kemenpar, seperti halnya Festival Crossborder yang digelar kali ini. Tinggal komitmen dari pemerintah daerahnya untuk memajukan sektor pariwisata," papar Adella.

Terpisah Kepala Bidang Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar, Sapto Haryono mengatakan, Entikong memiliki potensi wisata yang harus terus dikembangkan. Dengan itu kemudahan akses yang dimilikinya akan semakin dapat menjaring wisatawan asal Malaysia.

"Entikong memiliki banyak destinasi wisata. Ada Pancur Aji, Air Terjun Saka Dua, Riam Odong, hingga Riang Enghasal. Belum lagi Riam Macam, Air Lotup Jangkang, Danau Laet, Kampung Santana, hingga Goa Thang Raya. Potensi budayanya juga melimpah. Ini harus dimaksimalkan oleh daerah," ucapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut border tourism sebagai strategi paling realistis untuk menggenjot angka kunjungan wisatawan. Dengan penyebaran Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang sangat banyak, tentunya border tourism menjadi senjata pamungkas Kemenpar mengejar target 20 juta wisman di tahun 2019.

"Sejak 2017 Kemenpar telah banyak menggelar Crossborder Events, seperti di Atambua, Belu, NTT, yang berbatasan dengan Timor Leste. Ada juga di Aruk, Sambas, Kalbar. Ada di Skow, Papua, dan tentunya Kepri, Batam, Bintan dan lainnya. Tentunya di tahun 2019 Kemenpar akan all out menggelar acara-acara festival dan musik di crossborder. Sehingga dapat memaksimalkan kunjungan wisman dari border area seperti Festival Crossborder di Entikong ini," ujar Menpar Arief Yahya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luncurkan Gerakan Indonesia Bersih, Menko Luhut Soroti Bahaya Sampah Plastik

Posted: 27 Apr 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan hari ini melakukan peluncuran Gerakan Indonesia Bersih. Peluncuran dilakulan di kawasan CFD Bunderan HI, Jakarta, Minggu pagi (28/4/2019).

Gerakan ini untuk pertama kalinya dikenalkan kepada publik sebagai bentuk ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar setiap individu bisa bergerak bersama untuk lebih peduli mengurangi produksi sampah dan mengelola sampah harian mereka dengan baik.

"Gerakan Indonesia Bersih ini adalah gerakan kita bersama, tidak bisa kita pungkiri bahwa adalah tanggung jawab kita semua untuk menjaga Indonesia bersih. Selain itu, yang penting adalah pengelolaan sampah harus memiliki manfaat ekonomi dan lingkungan serta harus dapat mengubah perilaku masyarakat," kata Menko Luhut yang juga didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di lokasi.

Dia menjelaskan, menjadi salah satu negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya kelautan dan perikanan termasuk potensi wisata yang sudah menjadi tujuan wisata dunia. Di sisi lain, Indonesia juga berhadapan dengan masalah sampah plastik yang sudah mencemari Iaut dan berdampak merusak ekosistem Iaut.

Melihat kondisi ini, sudah saatnya seluruh lapisan masyarakat menyadari dampak dari penggunaan plastik yang dipakai sehari-hari dan bertindak.

"Apakah ini bisa dilakukan pemerintah saja? Tidak, kita semua bapak ibu, di gereja, mesjid wihara, di sekolah semua kita harus masif untuk menyampaikan kepada masyarakat. Ini berbahaya kalau kita tidak tangani, akan menimbulkan masalah," ujarnya.

 

Imbauan Bahaya Sampah Plastik

Luncurkan Gerakan Indonesia Bersih, Menko Luhut Soroti Bahaya Sampah Plastik

Dia juga mengungkapkan bahaya dan dampak dari pencemaran sungai dan laut oleh sampah plastik.

"Bisa mencair jadi micro plastic dan micro plastic itu dimakan ikan , ikan itu dimakan oleh manusia, kalau laki - laki bisa macam - macam kena kanker apa segala, tapi kalau ibu - ibu yang masih produktif itu bayinya hampir pasti stunting, artinya kena jadi kuntet. Nah ini kita gak mau lihat generasi Indonesia jadi generasi kuntet," tegasnya.

Sudah banyak program yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal penanganan masalah sampah ini, misalnya menyediakan fasilitas seperti TPS 3R (recycle, reuse, reduce), Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Program Waste to Energy (PLTS), Instalasi Pengolahan Ai Limbah, Sistem Pengolahan Sampah Refuse Derived Fuel  ataupun Gerakan Industri Hijau.

Namun dengan jumlah penduduk Indonesia yang Iebih dari 200 juta jiwa, diperlukan perubahan kebiasaan terhadap sampah, peduli terhadap makanan atau barang yang dibeli, tidak hanya isinya tetapi juga bungkus / kemasannya.

Peluncuran Gerakan Indonesia Bersih pagi ini dihadiri oleh beragam komunitas yang peduli dengan masalah sampah di Indonesia, para relawan kebersihan, juga dihibur oleh artis ternama Titiek Puspa.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu Achmud

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tito Vilanova Paling Berjasa Jaga Messi Tetap di Barcelona

Posted: 27 Apr 2019 08:35 PM PDT

Barcelona- Barcelona akan selalu mengenang 25 April sebagai hari bersejarah bagi mereka. Pada hari ini, Barcelona memang bukan merayakan sebuah prestasi.

Pada 25 April, lima tahun silam, pelatih kebanggaan mereka: Tito Vilanova, meninggal dunia. Tito Vilanova mengembuskan nafas terakhir setelah berjuang melawan penyakit kanker yang dialaminya. 

Lionel Messi jadi salah seorang pemain yang bersedih dengan kepulangan mantan pelatih Barcelona itu. Pada momen peringatan kelima tahun kepulangan selamanya sang pelatih, Kamis (25/4/2019), Messi sengaja mengunggah sebuah foto dirinya bersama Tito.

"Siempre con nostros (selalu bersama kami)," tulis Messi dalam caption foto yang diunggah di media soal personalnya itu. 

Messi dan Tito Vilanova dikabarkan memiliki hubungan dekat. Belakangan ini terkuak, pelatih yang meninggal dunia dalam usia 45 tahun itulah, yang jadi satu di antara alasan Messi bertahan.

Marca menulis, jika bukan karena Tito Vilanova, bisa saja Messi tak akan berada di Barcelona hingga sekarang.

Mantan pelatih Barcelona itu yang meyakinkan Messi untuk tetap di Camp Nou. Hal itu dilakukannya, enam hari jelang ia tutup usia.

 

Yakinkan Messi

Momen saat Tito Vilanova (kanan) saat masih melatih Barcelona (AFP)

Hal ini disampaikan mantan asisten pelatih sekaligus mantan pelatih sementara Barcelona, Jordi Roura.

"Tito berada pada tahap sulit dan Leo tak yakin tentang kebersamaannya (dengan Barcelina)," kata Jordi Roura.

"Mereka bertemu, dan meski saya tak ada dalam pertemuan itu, saya tahu mereka menghabiskan waktu beberapa jam untuk bicara."

"Messi memutuskan untuk bertahan dan kami berharap itu untuk beberapa tahun lagi," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Roura memuji almarhum. Ia mengungkap Vilanova merupakan pelatih spesial buat Barcelona.

"Dia sangat simpel, orang yang tanpa basa-basi. Dia memiliki banyak kepribadian dan dia banyak menujukkannya dengan wajahnya," tutur Roura.

"Saya pikir, itu yang membuatnya spesial," imbuhnya.

Sumber: Marca

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Identitas Terduga Pelaku Penembakan Sinagoge di California AS

Posted: 27 Apr 2019 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Polisi telah menahan seorang tersangka untuk diinterogasi terkait kasus penembakan Sinagoge Chabad of Poway, California pada Sabtu, 27 April 2019 pagi waktu setempat. Pria itu menyerahkan diri sesaat setelah melepaskan tembakan bertepatan pada Hari Raya Passover bagi umat Yahudi.

Otoritas setempat berhasil mengidentifikasi terduga pelaku sebagai John Earnest (19), pria kulit putih yang menggunakan senjata gaya AR-15 dikutip dari The Straits Times pada Minggu (28/4/2019).

Saat melakukan penembakan sinagoge, Earnest berteriak bahwa orang-orang Yahudi menghancurkan dunia. Pihak berwenang telah menyebut serangan sebagai kejahatan rasial.

Dalam insiden penembakan, satu orang dinyatakan tewas dengan tiga lainnya cedera.

Manifesto

Sementara itu, polisi tengah menyelidiki kemungkinan adanya hubungan antara pelaku penembakan sinagoge di California tersebut dengan sebuah manifesto yang diposting sebelum penembakan di media 8chan.

Manifesto itu senada dengan postingan Brenton Tarrant, penyerang dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru pada 15 Maret lalu. Penulis manifesto di 8chan baru-baru ini, mengidentifikasi sebagai John Earnest, mengaku terinspirasi pembantaian di Negeri Kiwi dengan motivasi supremasi putih.

Penulis manifesto juga mengaku bertanggung jawab atas kebakaran di sebuah masjid di Escondido, California, pada bulan lalu. Polisi sedang memeriksa apakah ada hubungan antara kedua kejadian tersebut.

Kronologi

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Departemen Sheriff San Diego mendapatkan laporan tentang penembakan di sinagogee sebelum pukul 11.30 pagi. Sheriff Poway kemudian mengonfirmasi penembakan melalui Twitter, setelah para deputi dipanggil ke tempat kejadian dengan adanya "pria berpistol".

Dalam sebuah konferensi pers Sabtu sore, Wali Kota Poway, Steve Vaus dan Sheriff Kabupaten San Diego, Bill Gore membenarkan bahwa empat orang luka-luka dan telah dibawa ke Pusat Medis Palomar oleh saksi mata sekitar pukul 12 siang.

Vaus menambahkan, seorang wanita dewasa dari keempat korban tembakan tak tertolong. Sementara ketiga lainnya dalam kondisi stabil.

Salah satu korban luka adalah Rabi Yisroel Goldstein. Goldstein disebut oleh salah satu jemaatnya tidak meninggalkan sinagoge, justru ia mencoba menenangkan yang lain.

Saat itu, semua orang yang berada di sinagoge menangis dan menjerit, menurut Anvari yang suaminya telah berada di dalam tempat ibadah saat serangan dimulai.

sinagoge tidak dijaga pada saat kejadian, menurut pejabat setempat. Adapun jemaat terdiri atas 40 hingga 60 orang.

Menyerahkan Diri

Ilustrasi Tangkap Teroris (Liputan6.com/M.Iqbal)

Kepala polisi San Diego David Nisleit mengatakan, setelah penembakan itu sang terduga pelaku memanggil personel Patroli Jalan Raya California untuk melaporkan lokasinya di Interstate 15 di Rancho Bernardo.

Salah satu petugas polisi yang bertugas menyelesaikan insiden sinagoge melihat pria bersenjata itu keluar dari mobilnya. Sang tersangka kemudian menepi, kemudian keluar dari kendaraan dan mengangkat tangan tanda penyerahan diri.

Pada Sabtu, sinagoge juga mengadakan perayaan Paskah, menurut 10News, yang dijadwalkan berakhir pada jam 7 malam.

Presiden AS Donald Trump mengucapkan belasungkawa melalui akun Twitter pribadinya.

"Duka Cita dan doa untuk semua yang terdampak oleh penembakan di sinagoge in Poway, California. Tuhan memberkati kalian semua. Tersangka telah ditangkap. Para penegak hukum telah melakukan pekerjaan yang luar biasa. Terima kasih," twit Trump.

Hal senada juga diberikan kepada seorang politikus Demokrat Scott Peters. Ia mengutuk tindakan kekerasan tersebut.

"Berita tragis bahwa seorang pria bersenjata telah menyerang Chabad dari sinagogea Poway, pada hari ini, hari terakhir Paskah, hari yang seharusnya menjadi perayaan iman dan kebebasan. Saya berduka cita, dan berdoa untuk mereka yang terluka dan terdampak," katanya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Dipo Latief, Ini Pria yang Mengazani Bayi Nikita Mirzani

Posted: 27 Apr 2019 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nikita Mirzani dan Dipo Latief memang telah berpisah sejak tahun lalu. Karena itulah, saat melahirkan anak dari pernikahan mereka pagi ini, Minggu (28/4/2019), Nikita Mirzani ditemani oleh sahabat-sahabatnya.

Salah satu sahabat yang menemaninya adalah Fitri Salhuteru. Tak hanya menginap di rumah sakit, Fitri juga merupakan orang yang mengabarkan berita persalinan Nikita Mirzani kepada publik.

Dalam unggahan Instagram Story terbarunya, Fitri mengaku ada satu pertanyaan yang kerap ditujukan kepadanya soal bayi Nikita Mirzani.

"Banyak pertanyaan siapa yang meng adzani baby boy niki..," tulis Fitri.

Mengazani Bayi Nikita

Nikita Mirzani melahirkan (Instagram/ @fitri_salhuteru)

Ternyata pria yang melakukan hal ini adalah suami Fitri. "Alhamdulillah ada suami saya @cencenkurniawan," tulisnya, seraya me-mention akun Instagram Nikita.

Fitri juga mengunggah foto saat sang suami tengah melihat bayi Nikita Mirzani. Hanya saja, ia menutupi wajah bayi yang baru lahir tersebut.

Posting-an ini, kemudian diunggah kembali di Instagram Nikita Mirzani. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dortmund Ogah Lepas Sancho ke MU

Posted: 27 Apr 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Dortmund - Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc, memastikan klubnya takkan melepas Jadon Sancho musim depan. Hal ini tentu membuat Manchester United (MU) gigit jari.

Sancho sebenarnya merupakan pemain binaan akademi Manchester City. Pada 2017, ia pindah ke Dortmund dan kariernya langsung meroket bersama klub Bundesliga itu.

Musim ini, Sancho telah membela Dortmund dalam 40 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga menyumbangkan 12 gol dan 19 assist.

Hal tersebut membuat MU tertarik padanya dan ingin mendatangkan pemain 18 tahun itu musim depan. Setan Merah juga siap mengeluarkan dana besar.

Namun, Zorc memastikan timnya takkan mau melepas Sancho ke MU atau Real Madrid yang juga mengincar sang winger.

 

 

Komentar Zorc

(AFP Photo/Bernd Thissen)

"Tidak, kami tidak menerima tawaran apa pun untuk Sancho," kata Zorc kepada Sky Sports.

"Kami tidak mengharapkan apa-apa dan kami tidak menginginkan apa pun, karena dia ada dalam rencana kami. Sancho akan bermain untuk Borussia Dortmund musim depan. Tidak ada yang perlu menghubungi kami," Zorc menambahkan.

Butuh Amunisi

MU sendiri memang butuh amunisi baru di lini depan. Sebab, performa Alexis Sanchez tak kunjung meningkat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: