Minggu, 07 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


The Blind Chef, Jawara Masterchef AS Musim Ketiga Segera Buka Restoran Perdana

Posted: 07 Apr 2019 10:45 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Masih ingat dengan aksi Christine Hà? Pemenang Masterchef Amerika Serikat musim ketiga pada 2012 lalu mencuri perhatian karena ia seorang penyandang tunanetra tetapi memiliki kemampuan memasak luar biasa.

Christine yang dikenal dengan sebutan The Blind Cook membawa kabar terbaru. Ia akan membuka restoran perdananya pada April 2019 ini. Restoran yang mengusung makanan Vietnam itu diberi nama The Blind Goat.

Nama The Blind Goat dipilih berdasarkan zodiak dari Hà. Restoran tersebut akan berlokasi di Houston's Bravery Chef Hall. Dilansir dari laman thisisinsider.com, tanggal pembukaan restoran Hà belum diketahui.

"Menu restoran ini akan mengkombinasikan masakan Vietnam dan masakan dari seluruh dunia," tutur Hà.

Resepnya didapat dari warisan keluarga dan hasil dari hobi berkeliling dunia. Menu yang ada di restoran The Blind Goat juga akan banyak dipengaruhi oleh masakan Asia.

Restoran perdana Hà akan berada di Houston, Amerika Serikat. Kota tersebut termasuk dalam kota yang paling beragam di Amerika.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak restoran baru bermunculan di kota ini yang mencerminkan heterogenitas dan berkembang cukup pesat. Hal tersebut menjadi salah satu alasan jawara Masterchef itu memilih Houston untuk lokasi The Blind Goat.

"Ini adalah suatu yang sangat menyenangkan untuk dibuka pertama di Houston, karena restoran di sana sedang berkembang," tutur Hà.

 

 

 

 

 

Lahir Normal

Christine Hà, jawara Masterchef AS musim ketiga terkenal tak hanya karena kemampuan memasak luar biasa, tetapi juga kondisinya sebagai tunanetra. (dok. Instagram @theblindcook/https://www.instagram.com/p/Br8DeWjn5Ux//Dinny Mutiah)

Perjuangan perempuan itu untuk membuka restoran pertamanya tidaklah mudah. Terlahir dengan penglihatan normal, kondisi kesehatan satu mata Hà mulai memburuk semasa di perguruan tinggi. Ia divonis terserang penyakit neuromyelitis optica.

Saat itulah, ia pertama kali belajar memasak. Seiring meningkatnya keterampilan memasak Hà, kondisi penglihatannya justru makin memburuk. Ia kehilangan seluruh kemampuan penglihatannya.

Meski begitu, dia tetap mempertahankan hasratnya dalam memasak walau harus memulai semuanya dari awal. Dia kemudian menggunakan indra lain untuk mengetahui kualitas memasaknya.

Setelah beradaptasi dengan kondisi barunya, Hà memutuskan untuk mengikuti kompetisi Masterchef. Kemampuan palatnya yang menawan dan keahliannya menciptakan resep membuatnya berhasil mengalahkan lebih dari 30 ribu koki rumah di selurus AS.

Penulis Buku Terlaris

Lambang restoran perdana Christine Hà, chef tunanetra yang juga menjadi pemenang Masterchef AS musim ketiga. (dok. Instagram @theblindcook/https://www.instagram.com/p/BpHndEOA0JL/Dinny Mutiah)

Atas pencapaiannya di Masterchef, Hà berhak mendapatkan hadiah uang tunai 250.000 dolar AS dan buku resep untuk kemenangannya. Hà kemudian menulis buku terlaris New York Times "Recipes From My Home Kitchen: Asian dan American Comfort Food."

Sejak dinobatkan sebagai pemenang Masterchef, Ha telah tampil di berbagai platform berita utama dan diakui atas pencapaian kulinernya. Pada 2014, Hà menerima Penghargaan Prestasi Pribadi Helen Keller dari American Foundation for the Blind, bergabung dengan penerima sebelumnya seperti Ray Charles, Patty Duke, dan Stevie Wonder.

Dia juga menjabat sebagai utusan kuliner untuk Kedutaan Besar Amerika di Yordania, Serbia, Bosnia / Herzegovina, dan Kroasia, ikut menyelenggarakan acara memasak Kanada "Four Senses", dan menjadi juri di MasterChef Vietnam. Terakhir, ia memperoleh penghargaan dari Lamplighter Award pada akhir 2018.

Ia juga rajin berkeliling dunia membagikan semangatnya ke banyak orang. Menurut Hà, makanan memilikikemampuan yang sangat universal untuk menghubungkan orang. (Riyandhiani Kartika D)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Kesejahteraan, Menko Luhut Luncurkan Program Satu Juta Nelayan Berdaulat

Posted: 07 Apr 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman  meluncurkan Program 1 Juta Nelayan Berdaulat.

Melalui program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan di Indonesia, khususnya di wilayah-wilayah terpencil.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, program 1 Juta Nelayan Berdaulat dilatarbelakangi oleh fakta jika kekayaan laut Indonesia menurut data UNDP pada 2017 sebesar USD 2,5 triliun per tahun. Namun, baru dapat dimanfaatkan sebesar 7 persen karena minimnya penggunaan teknologi. 

"Kita ingin membuat supaya nelayan-nelayan kita di daerah-daerah terpencil bisa hidupnya tambah baik. Karena tidak perlu melalui tangan ke-2, ke-3, ke-4 untuk menjual barangnya. Jadi ada akses langsung," ujar dia di The Telkom Hub, Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Menurut data KKP, lanjut dia, pada 2017 jumlah nelayan Indonesia mencapai 2,7 juta. Akan tetapi, jumlahnya semakin berkurang karena minat menjadi nelayan yang rendah.

Nelayan dengan jumlah hampir 3 juta ini mayoritas berada dalam ambang batas garis kemiskinan dan menyumbang 25 persen angka kemiskinan nasional. ‎

"Masalah utama nelayan Indonesia adalah belum adanya dukungan teknologi untuk menemukan lokasi keberadaan ikan secara akurat, real time dan murah. Ikan hasil tangkapan nelayan cepat membusuk, dan harga jual ikan yang murah di kalangan tengkulak," kata dia.‎ ‎

 

Masalah Lain di Sektor Kelautan

Kapal nelayan bersandar di perairan Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Masalah lainnya yang juga dihadapi di sektor kelautan dan perikanan yaitu tidak adanya sinyal komunikasi di laut, tidak adanya sarana komunikasi dengan akurat.

Selain itu, transaksi penjualan yang masih konvensional, tidak adanya pertolongan saat terjadi kecelakaan melaut, terbatasnya unit patrol untuk menjaga kedaulatan laut Indonesia, hingga akses permodalan dengan posisi nelayan yang belum bankable. ‎

"Program 1 Juta Nelayan Berdaulat bertujuan meningkatkan kedaulatan ekonomi nelayan Indonesia melalui dukungan teknologi 4.0, meningkatkan tingkat pemanfaatan sumber daya laut dari 7 persen menjadi minimal 17 persen, mengurangi angka kemiskinan nasional hingga 25 persen dan meningkatkan kedaulatan maritim Indonesia dengan melibatkan nelayan sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan negara," tandas dia.

 

196 Nelayan di Sidoarjo Hemat Rp 50 Ribu per Hari Sejak Pakai LPG

Deretan kapal nelayan terparkir di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Kamis (27/12). Nelayan Muara Angke memilih libur melaut karena angin muson barat dan gelombang tinggi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, sebanyak 196 kapal nelayan kecil di Sidoarjo, Jawa Timur mengalihkan penggunaan baha‎n bakar, dari Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi Liqufied Petroleum Gas (LPG). Cara ini membuat pengeluaran untuk melaut jadi lebih hemat.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, ‎dengan menggunakan LPG sebagai bahan bakar melaut, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penghematannya dapat mencapai Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu per hari. Jumlah yang cukup besar bagi para nelayan kecil.

"Program konverter kit ini sebenarnya ditujukan supaya biaya operasional lebih rendah, sehingga pendapatan kita sebagai nelayan itu bisa membaik," kata Jonan, di Jakarta, Sabtu 2 Maret 2019.

Program ini juga merupakan upaya pemerintah menyediakan energi alternatif yang dapat digunakan masyarakat, termasuk nelayan. LPG lebih ramah lingkungan karena emisi yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan dengan BBM.

"Konversi BBM ke LPG menjadi bentuk perlindungan lingkungan untuk generasi anak-cucu kita yang akan datang," ujarnya.

Menyukseskan program konversi BBM ke LPG bukan hanya menjadi tugas Pemerintah saja, tetapi juga membutuhkan partisipasi dan kerja sama semua pihak. Mulai dari penyediaan alokasi gas bumi, penjaminan ketersediaan dan pengoperasian.

"Untuk itu, rekan-rekan dari Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Swasta diharapkan dapat terus terlibat sehingga program konversi penggunaan BBM ke LPG bagi nelayan dapat dirasakan manfaatnya dan berjalan berkesinambungan," tandasnya.

Paket konversi BBM ke LPG yang dibagikan terdiri dari mesin penggerak, tabung LPG 2 unit beserta isinya, konverter kit berikut aksesorisnya (reducer, regulator, mixer,dll) serta as panjang dan baling-baling.

Sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi No. 0116.K/10/DJM.I/2018, nelayan calon penerima paket perdana konverter kit diusulkan oleh dinas yang membidangi kelautan dan perikanan daerah,.

Kemudian memiliki kapal dengan ukuran lebih kecil atau sama dengan 5 Gross Ton (GT), berbahan bakar bensin, kapal yang digunakan memiliki daya mesin lebih kecil atau sama dengan 13 Horse Power(HP), jenis alat tangkap yang digunakan adalah alat tangkap yang ramah lingkungan, belum pernah menerima bantuan sejenis dan memiliki Kartu Nelayan atau Kartu Kusuka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kredit Ducati Panigale V4S Seharga Rp1,2 Miliar, Berapa Bulanannya?

Posted: 07 Apr 2019 10:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki harga Rp1,2 miliar on the road Jakarta, dua unit Ducati Panigale V4S resmi dijual kepada konsumen di Indonesia. Melalui PT Cakra Motor Sport, motor pabrikan otomotif asal Italia tersebut ternyata bisa dibeli dengan sistem dicicil alias kredit.

Menjadi salah satu konsumen pertama yang mendapatkan Ducati Panigale V4S, Sandy Indra Ariska mengaku harus menyiapkan uang muka sebesar Rp360 juta.

"Saya beli motor dengan kredit. Saya mengambil tenor sampai dengan 4 tahun. Kalau cicilannya berapa, saya lupa angka pastinya," kata Sandy di Kemang, Jakarta Selatan.

Meski demikian, pengusaha yang berdomisili di Bandung ini mengaku cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan di atas Rp10 juta.

"Memang saya suka. Bangga (jadi pembeli pertama), karena setahu saya banyak yang berminat untuk motor ini. Jadi memang rejekinya juga saya yang punya," ujarnya.

Selanjutnya

Ducati Paigale V4S

Sebagai informasi, Panigale V4S dilengkapi suspensi depan Öhlins NIX-30, dan monoshock belakang Öhlins tipe TTX36. Terdapat juga steering damper atau stabilzer setang semi aktif elektronik lansiran Ohlins.

Mengusung mesin 1.103cc yang dapat menyemburkan tenaga 214 Tk dan torsi 124 Nm, Ducati Panigale V4S hanya berbobot 95 kilogram.

 

 

Dibeli Orang Bandung

Salah satu konsumen yang beruntung mendapatkan Ducati Panigale V4S ialah Sandy Indra Ariska. Berdomisili di Bandung, Ia mengaku telah cukup lama mengincar motor sport full fairing itu.

 

"Badan saya kan kecil, saya melihat motor ini memiliki bobot yang ringan untuk ukuran mesin 1000cc. Sudah dari bulan Desember 2018 saya pesannya," katanya di Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (8/4).

Saat disinggung tunggangan Sandy sebelum membeli Ducati Panigale, Ia mengaku hanya menggunakan motor sport dengan mesin 250cc.

"Biasanya saya menggunakan Yamaha R25. Enggak ada motor lagi, cuma itu saja motor saya," ujar Sandy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Koperasi, Jenis dan Tujuannya Sebagai Landasan Ekonomi Bangsa

Posted: 07 Apr 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Fungsi koperasi ternyata begitu beragam. Koperasi adalah sebuah badan usaha yang memiliki anggota dan setiap orangnya memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Selain itu, setiap orangnya juga memiliki prinsip koperasi dab berdasar pada ekonomi rakyat sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992.

Indonesia sendiri memiliki koperasi yang digunakan sebagai landasan perekonomian bangsa. Untuk mengetahui lebih lanjut, perlu dipahami fungsi koperasi tersendiri.

Bahkan di setiap negara memiliki kebijakan masing-masing mengenai perekonomiannya dan Indonesia memilih bentuk koperasi sebagai salah satu cara untuk menstabilkan ekonomi negaranya. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/4/2019), berikut ulasan tentang fungsi koperasi.

Penjelasan dan Tujuan Koperasi

Koperasi memliki arti kerja sama. Secara umum, pengertian koperasi adalah sebuah badan usaha yang terdiri dari anggota. Setiap anggota di dalamnya mendapatkan tugas dan tanggung jawab yang berbeda dan mempunyai prinsip koperasi serta berdasar pada ekonomi rakyar sesuai dengan asas kekeluargaan yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992.

Tujuan Koperasi

Tujuan diadakannya koperasi dan Indonesia menggunakan koperasi ini untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya, sehingga tidak menimbun kekayaan sendiri. Selain itu, ada beberapa tujuan lain dari koperasi seperti berikut ini:

- Untuk meningkatkan taraf hidup anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya

- Untuk membantu kehidupan para anggota koperasi dalam hal ekonomi

- Membantu pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur

- Koperasi juga berperan serta dalam membangun tatanan perekonomian nasional

Tidak hanya untuk anggota, melainkan koperasi juga untuk para konsumen atau pelanggannya. Maka koperasi dilihat dari masing-masing kepentingannya bertujuan untuk:

- Bagi produsen, bisa menawarkan barang dengan harga yang cukup tinggi

- Bagi konsumen, bisa memperoleh barang baik dengan harga yang lebih rendah

- Bagi usaha kecil, bisa untuk mendapatkan modal usaha yang ringan dan mengadakan usaha bersama

Jenis-jenis Koperasi

Jenis-jenis koperasi dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Menurut UU RI No. 17 Tahun 2012, berikut jenis-jenis koperasi di Indonesia:

Koperasi Produksi

Koperasi yang dimana para anggotanya terdiri dari para produsen, baik itu produk barang maupun jasa. Jenis koperasi ini menyediakan bahan baku dan menjual barang-barang dari anggotanya dengan harga yang pantas. Misalnya, koperasi peternak lebah dimana produk yang dijual adalah madu dan makanan olahan dari madu.

Koperasi Konsumsi

Koperasi ini dibentuk dan diperuntukkan bagi konsumen barang dan jasa. Umumnya, koperasi ini menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti di toko kelontong. Biasanya, pembeli di koperasi ini adalah para anggotanya sendiri. Maka harga barang yang dijual cenderung lebih murah dibandingkan dengan toko pada umumnya.

Contoh dari koperasi jenis ini adalah koperasi karyawan (KOPKAR), koperasi pegawai Republik Indonesia (KPRI), koperasi siswa/ mahasiswa, dan lain-lain.

Koperasi Jasa

Koperasi jasa merupakan jenis koperasi yang kegiatannya fokus pada layanan atau jasa kepada para anggota koperasi dan masyarakat. Beberapa contoh layanan yang disediakan oleh koperasi jasa adalah jasa angkutan, jasa asuransi.

Koperasi Simpan Pinjam

Jenis koperasi ini disebut juga dengan koperasi kredit. Koperasi simpan pinjam ini dibentuk guna mengkomodasi kegiatan simpan-pinjam bagi para anggotanya. Di sini, anggota koperasi dapat meminjam dana dalam jangka pendek kepada koperasi dengan syarat yang mudah dan bunganya rendah.

Koperasi Serba usaha

Koperasi jenis ini menyediakan beberapa layanan sekaligus kepada para anggotanya. Contoh koperasi serba usaha (KSU) ini selain menyediakan jasa simpan pinjam, juga dapat menjual berbagai kebutuhan konsumennya.

Prinsip Dasar Koperasi

Sumber: Pixabay

Di Indonesia, prinsip koperasi telah dicantumkan dalam Undang-undang No. 25 Tahun 1992 dan Undang-undang No. 12 Tahun 1967. Ini prinsip dasar yang digunakan oleh semua koperasi yang ada di Indonesia:

1. Keanggotaan koperasi sifatnya terbuka dan sukarela

2. Proses pengelolaannya dilakukan secara demokratis

3. Pemberian balas jasa kepada anggotanya disesuaikan dengan modal anggota tersebu

4. Pembagian sisa hasil usaha (SHU) mengedepankan rasa keadilan sesuai dengan kinerja dari masing-masing anggota

5. Mandiri

Fungsi Koperasi

Sumber: Pixabay

Dalam setiap organisasi tentunya memiliki peran dan fungsi tertentu. Begitu juga dengan adanya koperasi ini. Berikut Liputan6.com, Senin (8/4/2019) telah merangkumnya dari berbagai sumber terkait fungsi koperasi di Indonesia:

1. Fungsi koperasi memiliki peran aktif dalam meningkatkan kualitas hidup anggotanya dan juga masyarakat.

2. Fungsi koperasi juga membangun dan meningkatkan potensi ekonomi para anggotanya dan juga masyarakat secara umum, sehingga kesejahteraan sosial dapat terwujud.

3. Fungsi koperasi guna mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang lebih baik melalui usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

4. Fungsi koperasi lainnya adalah untuk memperkuat perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan ekonomi nasional dimana koperasi menjadi pondasinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kim Jong-un Kunjungi Pusat Perbelanjaan di Taesong

Posted: 07 Apr 2019 10:40 PM PDT

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berbincang dengan stafnya ketika berada di toko furniture saat mengunjungi Taesong Department Store setelah dibuka untuk umum di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un berbincang dengan stafnya ketika berada di toko furniture saat mengunjungi Taesong Department Store setelah dibuka untuk umum di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un melihat sepatu saat mengunjungi Taesong Department Store, setelah dibuka untuk umum di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un melihat sepatu saat mengunjungi Taesong Department Store, setelah dibuka untuk umum di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un tersenyum saat melihat barang-barang yang dijual di Taesong Department Store di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un tersenyum saat melihat barang-barang yang dijual di Taesong Department Store di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ketika berada di toko makanan saat mengunjungi Taesong Department Store setelah dibuka untuk umum di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un ketika berada di toko makanan saat mengunjungi Taesong Department Store setelah dibuka untuk umum di Korea Utara (8/4). (KCNA VIA AFP Photo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Girls in The City, Rencana Lain Cleo Untuk Menjatuhkan Salsa Kembali

Posted: 07 Apr 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada setiap episode Girls in The City akan ada cerita baru yang tak bisa diduga. Sama seperti episode kali ini yang spesial karena tayang pada Sabtu (6/4/2019), Salsa akan mendapatkan sesuatu yang tak pernah ia sangka.

Girls in The City episode 4, diawali dari Renata yang memiliki impian menjadi seorang penyanyi dan mencoba untuk mengeluarkan lagu barunya. Namun, ia tidak mendapatkan respon yang positif.

Melihat hal tersebut membuat Cleo ingin memanfaatkan keadaan dengan mengiming-imingi Renata kalau Juan akan membuatkan lagu untuknya tapi dengan syarat, Renata harus bisa menadapatkan foto bugil Salsa demi menjatuhkan Salsa lagi.

Di episode Girls in The City kali ini, apakah Cleo berhasil dengan rencananya dan Salsa akan kehilangan sahabatnya lagi setelah dihasut oleh Cleo? Saksikan selengkapnya hanya di Vidio.com yang tayang setiap Kamis pukul 19.00.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesi I, IHSG Terjungkal dari Posisi 6.400

Posted: 07 Apr 2019 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada sesi pertama perdagangan saham Senin pekan ini.

Pelemahan IHSG terjadi di tengah nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan cadangan devisa Indonesia meningkat pada Maret 2019.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham, Senin (8/4/2019), IHSG melemah 75,54 poin atau 1,17 persen ke posisi 6.398,47.Indeks saham LQ45 susut 1,56 persen ke posisi 1.005,33. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah.

Sebanyak 218 saham melemah sehingga menekan IHSG. 147 saham menguat dan 116 saham diam di tempat.

Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.484,14 dan terendah 6.397,60.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai. Total frekuensi perdagangan saham 224.953 kali dengan volume perdagangan 9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,2 triliun. Investor asing beli saham Rp 225,65 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) melemah ke posisi Rp 14.155.

10 sektor saham kompak tertekan. Sektor saham aneka industri turun 2,53 persen, dan bukukan penurunan terbesar.

Disusul sektor saham infrastruktur susut 1,95 persen dan sektor saham barang konsumsi melemah 1,74 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham GHON mendaki 25 persen ke posisi Rp 1.500 per saham, saham GLOB menanjak 16,50 persen ke posisi Rp 466 per saham, dan saham DUTI mendaki 7,8 persen ke posisi Rp 5.875 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham RODA merosot 24,66 persen ke posisi Rp 550 per saham, saham SMRU turun 6,21 persen ke posisi Rp 332 per saham, dan saham IMAS tergelincir 5,58 persen ke posisi Rp 2.540 per saham.

 

Gerak Bursa Saham Asia

Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,33% atau 18,94 poin ke level 5.693,39, Jakarta, Selasa (30/5). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bursa saham Asia pun bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun ke posisi 29.935. Indeks saham Korea Selatan Kospi melemah 0,28 persen indeks saham Jepang Nikkei susut 0,25 persen.

Selain itu, indeks saham Shanghai tergelincir 1,06 persen dan indeks saham Singapura merosot 0,30 persen. Indeks saham Taiwan naik 0,83 persen.

Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menilai tekanan IHSG cenderung karena teknikal.  Tekanan IHSG yang terjadi belum dipengaruhi faktor fundamental. Hal ini mengingat nilai tukar rupiah cenderung menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan cadangan devisa per Maret 2019 naik jadi USD 124,5 miliar.

"Berdasarkan indikator MACD sudah berada di area positif. Sementara itu stochastic dan RSI masih berada di area netral. Meski demikian terlihat pola long black closing marubozu candle yang mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area support," ujar dia.

 

Awal Sesi Perdagangan

Layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di dua zona pada pembukaan perdagangan saham Senin ini. Di awal perdagangan IHSG menguat namun kemudian mengalami tekanan dan memerah.

Pada pembukaan perdagangan saham, Senin 8 April 2019, pukul 09.00 WIB, IHSG naik 7,25 poin atau 0,11 persen ke posisi 6.481,24. Namun beberapa menit kemudian mengalami tekanan dan turun 15 poin atau 0,23 persen ke 6.459,99.

Indeks saham LQ45 naik 0,11 persen ke posisi 1.022,72. Sebagian besar indeks saham acuan menghijau. Pada awal sesi perdagangan, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.484,14 dan terendah 6.457,23.

Sebanyak 117 saham menguat sehingga mengangkat IHSG ke zona hijau. Selain itu 60 saham melemah dan 109 saham diam ditempat.

Total frekuensi perdagangan saham 13.956 kali dengan volume perdagangan 811 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 316 miliar. Investor asing beli saham Rp 18 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.150.

Sebagian besar sektor saham menghijau kecuali sektor aneka industri susut 0,52 persen dan sektor saham infrastruktur melemah 0,61 persen.

Sementara itu, sektor saham pertambangan mendaki 0,34 persen, dan catatkan penguatan terbesar. Disusul sektor saham kontruksi naik 0,42 persen dan sektor saham perdagangan mendaki 0,13 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham GLOB naik 20 persen ke posisi Rp 480 per saham, saham TIRA mendaki 18,81 persen ke posisi Rp 240 per saham, dan saham AHAB menguat 15 persen ke posisi Rp 69 per saham.

Sementara itu, saham-saham yang melemah antara lain saham HITS merosot 12,41 persen ke posisi Rp 600 per saham, saham GHON tergelincir 10 persen ke posisi Rp 1.080 per saham, dan saham DART terpangkas 9,68 persen ke posisi Rp 280 per saham.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kabar Terkini soal Penemuan Jasad Guru Tari dalam Koper

Posted: 07 Apr 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang guru tari bernama Budi Hartanto (27) ditemukan tewas di dalam koper yang ditemukan di semak-semak dekat sungai di Desa Karanggondang Kecamatan Udan Awu, Blitar, Jawa Timur. Ia diduga menjadi korban mutilasi.

Hingga saat ini, polisi masih terus memeriksa saksi-saksi di balik penemuan jasad Budi yang diduga jadi korban mutilasi dan ditemukan di dalam koper.

Penyelidikan yang dilakukan oleh polisi terus berkembang. Kasus ini pun diambil alih Kepolisian Daerah Jawa Timur atau Polda Jatim.

Pemeriksaan jumlah saksi pun sudah bertambah. Dari 12 orang yang diperiksa, kini sudah bertambah menjadi 13 orang saksi.

Berikut 3 kabar terkini terkait penemuan jasad Budi Hartanto dalam korban yang diduga menjadi korban mutilasi dihimpun Liputan6.com:

1. Diambil Alih Polda Jatim

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) mengambil alih kasus mutilasi Budi Hartanto (27), seorang guru tari yang ditemukan tewas dalam koper di daerah Blitar. Sebanyak 12 orang saksi langsung diperiksa termasuk teman dekat korban.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Barung Mangera kepada Liputan6.com mengatakan, Subdit Jatanras Ditreskrimum terjun langsung mengambil alih dugaan kasus mutilasi karena TKP penemuan mayat tersebut berada di wilayah perbatasan Blitar dan Kediri.

"Ada dua kemungkinan pembunuhan terjadi di Blitar atau bisa juga di Kediri, jadi ada dua lokasi dalam kasus ini," tutur Barung, Jumat, 5 April 2019.

Barung menjelaskan, perlu koordinasi langsung dari Polda terhadap dua wilayah hukum ini. Jadi, proses penyelidikan juga semakin cepat, dan upaya kasus ini bisa segera terungkap.

"Kasus ini menang harus ditangani secara cepat, sebab media sudah menyiarkan beritanya. Khawatir pelaku melarikan diri atau membuang barang bukti," katanya.

Barung menyampaikan, ada beberapa hal yang belum dipublikasikan untuk kepentingan pengungkapan kasus mutilasi ini. Dan, masalah ini harus dihormati demi pengungkapan kasus.

"Saat ini kami hanya memeriksa 12 orang saksi, termasuk orang-orang terdekat korban. Sedangkan informasi yang lainnya mengenai kasus ini masih belum bisa kami sampaikan karena masih dalam proses pengungkapan," ujar Barung.

 

2. Dibunuh Karena Dendam Asmara?

Ilustrasi Pembunuhan dengan Senjata Tajam (iStockphoto)

Polda Jatim terus membuka berbagai kemungkinan atas kasus mutilasi yang menimpa guru tari, Budi Hartanto (28).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, tim forensik menganalisis luka yang ditemukan di tubuh korban untuk mengetahui durasi waktu penganiayaan hingga korban ditemukan meninggal dunia.

"Di antaranya luka sayatan di tangan," tutur Barung.

Barung menyampaikan, analisis luka pada tubuh korban diperlukan sebagai bagian dari proses merangkai peristiwa dengan petunjuk-petunjuk lainnya yang ditemukan penyidik, termasuk untuk menemukan siapa pelaku dan motifnya.

"Motifnya apa baru diketahui kalau pelakunya sudah ditemukan, begitu urutannya," kata Barung.

Barung mengungkapkan, muncul spekulasi motif pelaku membunuh korban karena dendam, dipicu masalah asmara atau lainnya. Spekulasi dendam dilihat dari cara pelaku membunuh korban. Namun, hal itu perlu dibuktikan.

"Karena sepeda motor korban hilang. Bisa jadi motif lain," ucapnya.

 

3. Saksi Bertambah, 9 Sudah Diperiksa

Ilustrasi Pembunuhan (iStock)

Barung mengatakan, pihak yang sudah dimintai keterangan saat ini terkait korban Budi Hartanto yang dimutilasi bertambah menjadi tiga belas orang.

Terkait identitas pelaku berdasarkan petunjuk-petunjuk yang sudah dikantongi, Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Barung Mangera meminta untuk tetap bersabar sebelum diungkap.

"Sudah mengerucut. Sabar, kasus ini pasti terungkap tuntas," kata Barung.

Sementara itu, sembilan orang yang diperiksa terkait Budi Hartanto diduga adalah teman korban. Mereka diperiksa di ruang unit secara bergantian oleh penyidik.

Kasat Reskrim Polres Kediri Kota AKP Andi Purnomo mengatakan, mereka diduga tahu soal keseharian korban dan tidak menutup kemungkinan ada yang mengetahui pembunuhan serta mutilasi Budi Hartanto.

Dia menyampaikan, pemeriksaan saksi-saksi masih terus berjalan dan ia memperkirakan sekarang sudah ada sembilan saksi yang diperiksa untuk dimintai keterangan.

"Sementara berapa ya? Mungkin sembilan. Persinya kita belum tahu, karena berjalan terus," tutur AKP Andi Purnomo, Sabtu 6 April 2019.

Pada dugaan pembunuhan dan mutilasi ini, pihak Polres Kediri Kota bertugas untuk mem-back up penanganan kasusnya bersama Polres Kediri dan Polres Blitar Jawa Timur.

Ia belum bisa menyampaikan secara penuh perkembangan penyelidikan perkara ini. "Perkembangan mohon bantuan dan doanya nanti kita sampaikan lebih lanjut, mungkin juga beliaunya dari Polda yang menyampaikan," kata Andi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Sebut Tak Sederhana Turunkan Tarif Listrik pada 100 Hari Kerja

Posted: 07 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto berjanji akan menurunkan harga listrik seratus hari pertama apabila terpilih sebagai presiden di Pilpres 17 April 2019.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara terkait janji Capres Paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto akan menurunkan harga listrik di 100 hari pertama kerja.

"Itu asal omong. Saya turunin harganya. Bagaimana harga yang lainnya. Harga produksinya. Tidak bisa sesederhana itu. Sekarang kita bikin banyak solar panel. Membantu untuk menjadi terang di daerah-daerah juga," kata dia, dalam acara Coffee Morning, di Kantornya, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Hal yang sama juga berlaku terhadap rencana untuk menurunkan harga bahan pokok seperti beras.

"Menurunkan harga misalnya beras. Mesti dikaji keseimbangannya di mana harga jualnya dan harga produksinya. Enggak bisa hanya satu saja. Makanya ada infrastruktur ada dana desa supaya cost production-nya menurun, supaya harga jualnya bisa disesuaikan. Jadi tidak semudah," ujar Luhut.

"Ada yang bilang dalam 100 hari Ekonomi kita tumbuh jadi berapa persen? 8 persen, saya mau belajar juga dari dia itu. Kalau bilang 5 persen itu baik bukan kita saja yang bilang baik semua dunia juga bilang baik," imbuhnya.

Luhut Binsar Pandjaitan pun menyentil salah seorang mantan Menko yang kerap mengritik Pemerintah dengan membanding-bandingkan kinerja pemerintah saat ini dengan di masa dia duduk di kabinet.

"Ada seorang ekonom bilang saya bisa turunkan. Kapan success story dia. Saya pernah menteri sama dia. Berapa lama dia Menteri Keuangan berapa lama dia Menko. Saya di situ. Ndak usalah klaim-klaim success story dia. Ndak boleh lah," tegas Luhut

"Jangan menjelek-jelekan orang lain. Mau klaim silakan. Tapi jangan menjelek-jelekan orang. Itu hak konstitusi Anda tapi jangan kita menyebarkan berita-berita bohong," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

Pemerintah dan PLN Terus Sambungkan Listrik Gratis buat Warga Miskin

Ilustrasi sutet listrik.

Sebelumnya Pemerintah dan PT PLN (persero) terus berupaya memberikan penyambungan listrik gratis untuk masyarakat miskin. Program tersebut didanai dari Anggran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan,‎ pemasangan listrik gratis merupakan bentuk penyaluran subsidi ke rakyat miskin yang tidak mampu memasang listrik. Adapun biaya penyambungan tersebut sebesar Rp 1 juta.

"Sebagian APBN murni yang berikan subsidi ke rumah tangga miskin, yang tidak mampu membayar ongkos pemasangan pertama," kata Sri Mulyani saat menghadiri program ‎Sinergi Untuk Rakyat, di Desa Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten, Jumat 15 Maret 2019.

Menurut Sri Mulyani, program tersebut akan dibiayai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun karena anggaran tersebut tidak cukup maka juga akan dimodali dari tanggung jawab sosial BUMN.

"Dari keseluruhan program listrik nasional yang dilakukan Kementerian ESDM bersama dengan kementerian BUMN dan PLN, kita gunakan seluruh sumber daya," tuturnya.

Sri Mulyani mengungkapkan, program pemasangan listrik gratis terus dilaksanakan, untuk mengejar pemerataan kelistrikan (elektrifikasi) di seluruh Indonesia.

"Agar program 100 persen elektrifikasi bisa tercapai," tandasnya.

 

PLN Anggarkan Belanja Modal Rp 80 Triliun

Karyawan PT PLN (Persero) tengah memasang meteran listrik di salah satu rumah warga Natuna, Kepulauan Riau. (Foto: Humas PLN)

Sebelumnya, PT PLN (Persero) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp 80 triliun. Rencananya, dana ini akan digunakan untuk investasi infrastruktur kelistrikan.

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengatakan, dengan anggaran belanja Rp 80 triliun, PLN akan menggunakannya untuk membangun pembangkit, transmisi dan gardu induk.

"Untuk pembangunan infrastruktur, untuk investasi," kata Sarwono, di Jakarta, Rabu 6 Februari 2019.

Menurut Sarwono, sumber pendanaan tersebut berasal dari internal perusahaan, serta dari sumber pendanaan eksternal. Namun dia belum bisa menyebutkan instrumen pendanaan yang akan digunakan.

"Dananya dari sebagian (dari luar perusahaan) apakah separuhnya dari pinjaman atau global bond atau sukuk," tutur dia.

Sarwono menungkapkan, untuk melakukan sumber pendanaan eksternal,‎ perusahaan menunggu momentum yang baik. "Kalau Harganya bagus, pas kita butuh. Klau ngak butuh ditunda. Contoh kemarin (tahun lalu) rencana Mei jadi september," kata dia.

Dia menegaskan, anggaran tersebut tidak akan digunakan untuk menutup utang.‎ "Saya mengatakan begini pembangkit porsinya paling besar‎, kemudian transmisi dan gardu," tandasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona vs Atletico, Diego Costa Terancam Sanksi 12 Laga

Posted: 07 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diego Costa terancam sanksi berat usai diduga menghina ibu wasit Jesus Gil pada pertandingan Barcelona melawan Atletico Madrid pada Minggu (7/4/2019) dini hari WIB lalu. Costa dikartumerah langsung usai memprotes wasit Jesus Gil terlalu keras pada menit ke-28.

Tak hanya memprotes, Diego Costa diketahui juga mencak-mencak di depan muka wasit. Kata-kata yang keluar dari mulut Costa saat itu dinilai sangat tidak pantas. 

Striker asal Spanyol itu juga terlihat menyentuh wasit dan memegangi lengan wasit saat akan mengacungkan kartu kuning ke arah Diego Godin dan Jose Gimenez, sebagain bagian dari insiden kartu merah tersebut.

Atas protes dan kata-kata kasar yang dikeluarkan pada wasit, Costa bisa dihukum dua atau tiga pertandingan. Namun karena di saat bersamaan dia juga memegang lengan wasit ada hukuman lebih berat menanti.

Media Spanyol AS menulis,kalau pemain berdarah Brasil itu bisa dihukum empat sampai 12 pertandingan. Semua akan bergantung pada komite disiplin LaLiga dan wasit Jesus Gil Manzano sudah menulis aksi Diego Costa memegang lengannya ke dalam laporan pertandingan.

Laporan Jesus Gil Manzano

Bek Barcelona, Gerard Pique, berusaha menahan striker Atletico Madrid, Diego Costa, usai dikartu merah wasit pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Sabtu (6/4). Barcelona menang 2-0 atas Atletico Madrid. (AP/Manu Fernandez)

Dalam laporannya ke pengawas pertandingan, Jesus Gil membenarkan sudah terjadi insiden di babak pertama yang melibatkan dirinya dengan Diego Costa. Costa disebutnya sudah tak sepakat dengan keputusan yang diambilnya.

"Di menit ke-28 pemain nomor 19 Da Silva Costa, Diego, diusir menyusul alasan ini: dia datangi saya dengan suara keras, bila: "saya akan buang air di depan ibu pelacurmu,saya akan buang air di depan ibu pelacurmu!" bunyi laporan Jesus Gil.

Ada kemungkinan dua pasal yang menjerat Costa yaitu pasal 94 dan 117 kode disiplin liga. Jika terjerat pasal 94, Costa bisa disanksi 12 laga.

Sedangkan kalau dijerat pasal 117, Costa hanya akan disanksi dua atau tiga laga. Dua pasal ini untuk satu pelanggaran yang dilakukan Costa: ucapan kasar.

Sanksi Tambahan

Costa masih berpeluang disanksi tambahan setelah dilaporkan memegang tangan Jesus Gil. Pelanggaran ini juga bisa berakibat empat dan 12 laga, tergantung dari keputusan komite disiplin liga.

Sementara itu, Atletico Madrid akan mengajukan banding untuk Costa. Mereka yakin Costa tidak berkata kasar seperti yang disebutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penjara Ini Buat Napi Betah Tinggal, Alasannya Tak Terduga

Posted: 07 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lebih dari ratusan tahun yang lalu, Meksiko membangun sebuah penjara di tengah laut yang jika ditempuh dengan kapal akan memakan waktu 8 jam dari Kepulauan Maria. Namun, timbul kontroversi semenjak pemeritahan yang baru mencoba untuk menutup penjara ini.

Pasalnya, para narapidana enggan meninggalkan penjara tropis ini. Padahal, biasanya narapidana begitu menantikan waktu kebebasan agar segera terlepas dari belenggu penjara yang membosankan.

Akan tetapi, ada hal terduga yang membuat para napi betah berlama-lama di sini. Usut punya usut, pemerintah Meksiko menilai kepulauan ini terlalu indah untuk dijadikan tempat hukuman para kriminal. Apalagi jika dibuat tempat penyiksaan.

Penjara bernuansa tempat liburan

Penjara Isla Maria Madre (Sumber: AFP)

Isla Maria Madre dikelilingi oleh perairan yang tenang yang dihuni oleh banyak burung pelikan, iguana, dan spesies fauna lain yang habitatnya di iklim tropis. Karena lokasinya yang dipenuhi keanekaragaman hayati, penjara ini dirasa lebih sesuai jika digunakan untuk pusat kebudayaan.

Padahal, para narapidana sudah terlalu nyaman tinggal di pulau ini. Jika biasanya penjara adalah tempat yang gelap dan menyeramkan, narapidana di sini justru merasa sedang berlibur. Di penjara ini, tidak ada jeruji yang membatasi gerak mereka.

Mereka bahkan mendapat akses untuk menikmati fasilitas gym di area terbuka. Selain itu, terdapat pula taman, bengkel khusus pelatihan pembuatan perkakas kayu, hingga kelas musik.

Para narapidana dibolehkan berkeliaran dengan bebas. Maka tak heran jika para narapidana enggan berpisah dengan tempat nyaman ini.

Ditutup menjadi Pusat Kebudayaan Jose Revueltas.

Penjara Isla Maria Madre (Sumber: AFP)

"Seperti yang Anda lihat, penjara ini tidak dikelilingi jeruji besi. Mereka diizinkan untuk berjalan berkeliling di waktu tertentu, mencari kesenangan, bermain basket atau sepak bola, menonton TV, datang ke tempat workshop." Ungkap Gregorio Lopez, salah satu kepala keamanan.

Namun, apa boleh buat. Dikutip Liputan6.com dari AFP, Senin (8/4/2019), pada bulan Februari lalu, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador telah membulatkan tekadnya untuk menutup penjara tersebut. Penjara yang didirikan pada tahun 1905 tersebut kini dijadikan pusat kebudayaan Jose Revueltas.

Alhasil, semua narapidana dipindahkan ke penjara lain. Beberapa narapidana yang waktu penahanannya hampir usai dibebaskan langsung oleh pemerintah mengikuti penutupan penjara ini.

"Mereka dengan bahagia menikmati hari-hari di sini karena bisa tinggal dengan keluarga baru mereka. Keputusan ini sudah pasti mengejutkan. Mereka sedih meninggalkan tempat ini." ujar seorang penjaga penjara, Jose Becerra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Makam Mumi Pasangan Suami Istri Ditemukan di Mesir

Posted: 07 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sepasang jasad suami istri ditemukan pada makam yang masih dalam kondisi terawetkan dengan baik di Mesir. Diyakini makam tersebut milik petinggi mesir kuno bernama Toutou dan istrinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Galaxy Fold Muncul di Laman Otoritas Sertifikasi Tiongkok

Posted: 07 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung terus membanjiri pasar dengan deretan lini smartphone terbarunya. Salah satunya adalah d layar lipat pertama perusahaah, yakni Galaxy Fold.

Seperti yang sudah kamu ketahui, Samsung mengungkap kehadiran Galaxy Fold satu bulan lalu dalam acara Unpacked 2019 di San Francisco, Amerika Serikat.

Perusahaan asal Negeri Ginseng inipun mengungkap smartphone layar lipatnya bakal dirilis pada 26 April 2019.

Walau awalnya dikabarkan hanya meluncur di beberapa negara tertentu, seperti Amerika Serikat dan Eropa, laporan terkini mengindikasi Galaxy Fold akan djual di Tiongkok juga.

Dilansir Gizchina, Senin (8/4/2019), Galaxy Fold (SM-F9000) sudah mendapatkan restu dari TENNA, pusat sertifikasi peralatan telekomunikasi di Tiongkok.

Sayang, informasi dari laman TENNA tersebut tidak mengungkap lebih detail lagi tentang spesifikasi Galaxy Fold atau yang lainnya.

Namun, hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan, karena deretan informasi tentang spesifikasi Galaxy Fold sudah marak bermunculan di internet.

 

Spesifikasi Galaxy Fold

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Galaxy Fold memiliki layar 4,6 inci saat dilipat. Sementara, ketika layar dibuka, layar menjadi tablet seluas 7,3 inci.

Dengan begitu, Galaxy Fold tetap bisa dikantongi saat menjadi smartphone berukuran 4,6 inci.

Untuk memastikan performa berjalan lancar, termasuk saat membuka tiga aplikasi secara bersamaan, Samsung melengkapi Galaxy Fold dengan chipset AP (64-bit octa-core) generasi terbaru yang memiliki tenaga tinggi. Pasalnya, prosesor ini diproses dengan teknologi 7nm. 

RAM 12GB

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Galaxy Fold juga ditopang RAM 12GB dan memori internal 512GB yang performanya diklaim menyerupai PC.

Baterai Galaxy Fold pun dirancang sebagai baterai ganda khusus untuk mengimbangi kebutuhan pengguna. Baterai Galaxy Fold memiliki kapasitas sebesar 4.380mAh.

Terdapat pula teknologi fast charging yang kompatibel dengan atau tanpa kabel.

6 Kamera di Satu Smartphone

Galaxy Fold. (Doc: Samsung)

Perangkat ini hadir dengan enam kamera, yakni tiga kamera utama dan dua kamera di depan, serta satu kamera di kovernya.

Adapun spesifikasi kamera terdiri dari tiga kamera utama ultra wide 16MP dengan aperture F2.2, lensa wide 12MP dual aperture F1.5 dan F2.4 dan dilengkapi OIS, serta kamera telephoto 12MP dengan aperture F2.4 dan OIS.

Sementara kedua kamera depannya memiliki lensa telephoto 10MP dengan aperture F2.2 dan RGB depth 8MP dengan aperture F1.9.

Satu kamera di kover memiliki lensa 10MP dengan aperture F2.2.

Galaxy Fold tersedia dalam dua jaringan, yakni 4G dan 5G. Rencananya Samsung akan menjualnya dengan harga US$ 1.980 atau setara Rp 27,7 jutaan.

(Ysl/Isk)

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Joe Taslim Gendong Tatjana Saphira di Poster Hit and Run

Posted: 07 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penantian fans film laga Tanah Air akhirnya telah terpenuhi dengan diluncurkannya poster resmi Hit and Run. Film yang dikemas dalam konsep aksi komedi ini dibintangi oleh aktor laga Joe Taslim dengan Ody C. Harahap (Orang Kaya Baru) sebagai sutradara.

Dalam Hit and Run, Joe Taslim berakting dengan beberapa nama bintang yang tak asing lagi. Mereka adalah Chandra Liow, Jefri Nichol, Nadya Arina, Yayan Ruhian, Karina Suwandi, Mathias Muchus, dan Caitlin North Lewis.

Poster Hit and Run menampilkan Joe Taslim sedang menggendong Tatjana Saphira sambil memegang pistol. Chandra Liow dan Jefri Nichol terlihat berpose dengan ekspresi kocak. Mereka berempat membelakangi ledakan yang menggambarkan keseruan film ini.

Mengusung genre aksi komedi, tentunya film yang skenarionya digarap oleh Upi (My Stupid Boss) dan Fajar Putra Sarahan ini, menampilkan beragam adegan kocak yang dibarengai oleh aksi mendebarkan. Perpaduan kedua genre tersebut memang masih jarang disajikan di layar lebar Indonesia.

Poster film Hit and Run. (Screenplay Films)

Beragam Adegan Kocak

Para pemain Hit and Run. (Screenplay Films)

Selain poster resminya, film garapan Screenplay Films, Legacy Pictures, Bukalapak Pictures, Nimpuna Sinema, dan CJ Entertainment ini telah memiliki jadwal tayang. Hit and Run dipastikan tiba di bioskop pada 4 Juni 2019. Mendekati momen lebaran, diharapkan film ini bisa menjaring lebih banyak penonton.

Film Hit and Run bercerita tentang Tegar Saputra (Joe Taslim), seorang polisi selebriti yang ke mana-mana selalu diikuti kamera karena memiliki acara reality show-nya sendiri. Tegar ditugaskan untuk menangkap Coki (Yayan Ruhian), seorang gembong narkoba yang baru kabur dari penjara.

Sayangnya, di misi kali ini Tegar yang individualis harus dipasangkan dengan Lio (Chandra Liow), seorang tukang tipu. Tegar yang terbiasa beraksi sendirian, kini harus berusaha menyelesaikan misinya bersama Lio yang justru membuat susah. Aksi Tegar dan Lio mencari Coki pun turut ditemani oleh seorang penyanyi bernama Meisa (Tatjana Saphira) dan Jefri (Jefri Nichol).

Tidak Dibuat-buat

Para pemain Hit and Run. (Screenplay Films)

Diketahui, Hit and Run menjadi film laga perdana Joe Taslim di layar lebar sebagai pemain utama. Ia mengaku bahwa Hit and Run adalah film yang mampu mengeluarkan kepribadian terpendamnya.

"Biasanya saya hanya bermain dalam intens film yang gelap atau romance warna warni, tapi film ini membuat saya secara personality keluar, komedi yang dihadirkan di film ini tidak dibuat-buat tetapi situasional," ungkap Joe yang juga menjadi creative produser film ini, dalam keterangan yang dirilis Screenplay Films kepada Liputan6.com.

Menghadirkan Joe Taslim sebagai bintang utama, dapat dipastikan Hit and Run bakal penuh dengan adegan laga. Dijanjikan juga bahwa unsur komedi akan menambah keseruan film ini dengan cara tak terduga. Kekocakan para pemerannya dibarengi dengan candaan yang segar.

Dalam waktu dekat, Screenplay Films akan segera merilis trailer film Hit and Run. Sembari menunggu trailernya, lingkari dahulu tanggal kalender Anda untuk menyaksikan film Hit and Run pada 4 Juni mendatang di bioskop!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea vs West Ham: Hudson-Odoi dan Loftus-Cheek Siap Unjuk Gigi

Posted: 07 Apr 2019 10:27 PM PDT

Liputan6.com, London - Chelsea menghadapi laga penting di Liga Inggris dini hari WIB nanti. Di Stadion Stamford Bridge, mereka akan menjamu sesama tim asal Kota London, West Ham United.

Laga ini penting bagi Chelsea, karena kemenangan akan membawa mereka ke posisi ketiga menggusur Tottenham Hotspur. Saat ini, The Blues berada di posisi kelima dengan 63 poin, hanya berselisih satu dengan Tottenham.

Tak hanya itu, laga ini juga akan kembali menjadi ajang unjuk gigi dua pemain muda mereka: Callum Hudson-Odoi dan Ruben Loftus-Cheek. Manajer Chelsea, Maurizio Sarri memastikan keduanya akan kembali tampil menjadi starter.

Loftus-Cheek, 23 tahun dan Hudson-Odoi (18) tampil gemilang saat Chelsea mengalahkan Brighton 3-0. Meski tak mencetak gol, mereka menjadi bagian penting dari kemenangan ini.

"Mereka sedang dalam performa bagus. Permainan mereka terus berkembang musim ini," ujar Sarri. "Saya kira, ini momen di mana mereka sangat berarti bagi tim ini."

Sarri Sempat Dikritik

Gelandang Chelsea Ruben Loftus-Cheek menggiring bola dari kawalan gelandang Arsenal Reiss Nelson saat bertanding pada ICC 2018 di Stadion Aviva di Dublin (1/8). Arsenal menang atas Chelsea lewat adu penalti 6-5. (AFP Photo/Paul Faith)

Sebelumnya, Sarri memang sempat dikritik karena dianggap takut memainkan pemain muda seperti Hudson-Odoi dan Loftus-Cheek. Tapi, Sarri punya alasan sendiri.

"Di awal musim Hudson-Odoi memang punya potensi yang bagus. Tapi, dia belum siap tampil di Liga Inggris," ujarnya. "Begitu juga Loftus-Cheek. Tapi, sekarang mereka sudah siap."

Bagi Konsentrasi

Chelsea sendiri harus berbagi konsentrasi. Sebab, usai duel lawan West Ham, mereka harus langsung terjun di ajang Liga Europa.

Di fase perempat final, mereka harus menghadapi klub asal Republik Ceko, Slavia Praha. Di laga pertama, Chelsea akan terlebih dahulu berlaku sebagai tamu di Stadion Sinobo, 11 April 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendapat Donita Soal Ibu Rumah Tangga Undang Decak Kagum

Posted: 07 Apr 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah hal yang tak asing bila para wanita rela menjadi ibu rumah tangga dengan mengorbankan karier. Berbicara soal karier dan rumah tangga, Donita pun punya pendapatnya sendiri.

Donita yang sebelumnya merupakan wanita karier juga harus dihadapkan pada pilihan tersebut kala menikah dan memiliki anak. Apalagi, saat ini dirinya telah memiliki dua anak dari pernikahannya dengan Adi Nugroho.

"Menurut kalian, lebih baik pilih mana? Pilih jadi ibu rumah tangga atau jadi wanita karir?" kata Donita di laman Instagramnya, donitabhubiy baru-baru ini.

Donita pun menambahkan bahwa menjadi ibu rumah tangga bukan sebuah pilihan bagi seorang perempuan. "Kalau menurut aku jadi ibu rumah tangga itu bukan pilihan tapi udah kodrat," terangnya.

Menjaga Kodrat

Donita (Foto: Instagram)

Karenanya, saat memilih kerja, seorang perempuan harus bisa tetap menjaga kodratnya sebagai ibu rumah tangga.

"Jadi saat aku mau berkarir, sebisa mungkin pilih kerjaan yang masih bisa jalanin kodrat aku, sesuai porsi yang dibutuhkan," tandas Donita.

Apa yang menjadi pola pikir Donita memang memiliki nilai positif. Karena bagaimanapun, seorang anak akan lebih nyaman ketika berada dalam naungan orangtua. Akhirnya, banyak warganet yang memberikan pujian kepada Donita.

"Benar mba. Kalau istri dan suami bisa berbagi kerja sama antara tugas dan tanggungjwab ndak apa-apa apalagi dalam menjaga, merawat anak- anak," tegas @ivonynapitupulu.

(Anto Karibo/Fimela.com)

(Instagram/donitabhubiy)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat: Prabowo - Sandi Telah Akomodir Keinginan Surat SBY

Posted: 07 Apr 2019 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan tim kampanye pasangan Prabowo-Sandiaga telah mengakomodir keinginan SBY terkait kampanye terbuka di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, Minggu 7 April 2019.

Sebelumnya, Hinca mengatakan, SBY menuliskan sepucuk surat rahasia yang ditujukan kepada Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Amir Syamsuddin, Waketum PD Syarief Hassan, dan Sekjen PD Hinca Panjaitan.

Dalam surat itu, ketiga nama tersebut diminta menyampaikan kepada tim pasangan Prabowo-Sandiaga. Ada beberapa poin, intinya SBY meminta kampanye harus inklusif.

"Saya sampaikan kepada capres 02 dengan diwakili para Sekjen. Saya menyampaikan pesan SBY. Pesannya itu soal-soal kebangsaan karena ini pilpres merupakan persatuan kita semua," ucap Hinca di DPP Partai Demokrat, Senin (8/4/2019).

Ternyata, pasangan Prabowo-Sandiga menerima dengan baik pesan dari SBY. Buktinya, kampanye terbuka kemarin menampilkan tokoh-tokoh yang mewakili agama lain

"Artinya pesan sudah sampai ke pak Prabowo. Oleh karena itu, tidak ada yang salah dalam pesan yang kami sampaikan itu dan semuanya berjalan baik," ucap dia.

Bukan Bentuk Kegelisahan

Suasana saat bakal capres Prabowo Subianto (kiri) bersama bakal cawapres Sandiaga Uno (kanan) disambut Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono di kediamannya di Jakarta, Rabu (12/9). (Merdeka.com/Imam Buhori)

Sebeumnya, Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjelaskan surat Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke tiga petinggi partai bukan bentuk kegelisahan.

Hal tersebut menjawab pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto yang menilai SBY gelisah lantaran gaya kampanye Prabowo.

"Kalau gelisah mungkin tidak, dalam konteks secara khusus style dari Pak Prabowo. Pak SBY tidak melihat itu sesuatu yang membuatnya gelisah," kata AHY di Rumah Makan Taman Sari, Solo, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019).

Tetapi surat tersebut menurut Putra Sulung dari SBY adalah bentuk kontribusi dalam situasi politik saat ini. Surat tersebut adalah bentuk untuk mencegah agar tidak terjadi perpecahan. Sebab itu, SBY meminta agar para elit politik tidak saling serang serta membuat karakter masing-masing. Hal tersebut kata dia membuat masyarakat yang jadi korban.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Tambahkan Doa Bersama dan Komitmen Pemilu Damai pada Debat Pamungkas Pilpres

Posted: 07 Apr 2019 10:16 PM PDT

Fokus, Jakarta - Lima hari lagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat yang akan mempertemukan calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2019. Debat kelima tersebut akan menjadi pamungkas dari rangkaian debat yang sudah berlangsung sejak Januari.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (8/4/2019), debat pertama bagi capres dan cawapres digelar pada 17 Januari lalu. Bertempat di Hotel Sultan, Jakarta, itulah pertama kalinya dua pasangan calon atau paslon saling berinteraksi dan melempar pertanyaan dalam forum debat yang digagas KPU.

Dan 13 April, rangkaian debat memasuki tahap akhir dengan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. Dalam debat terakhir tersebut dua paslon itu kembali dipertemukan. Dengan demikian debat pada Sabtu nanti akan menjadi debat kedua yang lengkap dihadiri seluruh capres maupun cawapres.

KPU juga sudah menetapkan moderator untuk memandu jalannya debat tersebut, yakni Tommy Ristanto dan Balques Manisang. Format debat masih sama seperti debat keempat.

Hanya saja, dalam debat pamungkas, ada tambahan doa bersama dan pernyataan komitmen dari masing-masing paslon termasuk partai pendukung untuk menciptakan pemilu yang damai dan demokratis.

10 pakar dan akademisi telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panelis dalam debat yang juga akan disiarkan langsung oleh Indosiar mulai pukul 18.00 WIB pada Sabtu 13 April 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa Indonesia Naik Jadi USD 124,5 miliar di Akhir Maret 2918

Posted: 07 Apr 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2019 meningkat menjadi USD 124,5 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi Februari 2019 yang tercatat USD 123,3 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Jumlah tersebut juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin (8/4/2019).

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Peningkatan cadangan devisa pada Maret 2019 dipengaruhi antara lain oleh penerimaan devisa migas dan penerimaan valas lainnya.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik.

BI Target Kumpulkan Devisa USD 17,6 Miliar dari Pariwisata Tahun Ini

Ilustrasi Bank Indonesia

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah menargetkan mampu mengumpulkan devisa sebesar USD 17,6 miliar tahun ini dari sektor pariwisata. Angka tersebut naik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu sebesar 16 miliar.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, pihaknya juga menargetkan mampu mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman). Di mana, tahun lalu hanya sebesar 16 juta wisatawan mancanegara. 

"Target 20 juta kunjungan wisman. Devisa nya sekitar USD 17, 6 miliar," ujar Perry pada Senin 18 Maret 2019.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan angka tersebut sangat mungkin untuk dicapai. Pemerintah akan secara intensif melakukan promosi pariwisata melalui digital.

"Saya kira itu saja, kita sepakat dan lihat progress dari tahun lalu. Kita percaya ada di track yang benar, digitalisasi promosi turis seperti IMF. Digitalisasi akan kita tingkatkan, target 20 juta bukan mustahil, angka konservatif. USD 17,6 miliar saya kira optimis. Ekonomi bagus, pariwisata bagus, tidak ada yang perlu dikhawatirkan," jelasnya.

6 Jurus BI Dongkrak Devisa Pariwisata

Ilustrasi Bank Indonesia

 Bank Indonesia (BI) bersama pemerintah memutuskan enam langkah strategis untuk mendorong penerimaan devisa pariwisata 2019.

Hal ini sebagai upaya meraup target kinerja devisa sebesar USD 17,6 miliar dan 20 juta kunjungan wisatawan asing pada 2019.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, ada enam langkah strategis untuk mendorong penerimaan devisa pariwisata 2019.

Langkah ini diputuskan pada Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia (Rakorpusda) yang diselenggarakan Senin (18/3/2019)  di Gedung Bank Indonesia (BI). 

"Pertama, pemerintah dan BI akan mempercepat penyelesaian beberapa proyek infrastruktur, seperti New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Yogyakarta dan akses pendukungnya, runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, rapid exit taxiway Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, dan pengembangan jalan di sekitar destinasi wisata," ujar Perry di Kantornya, Jakarta, Senin (18/3/2019). 

Perry mengatakan, percepatan penyelesaian proyek infrastruktur tersebut untuk meningkatkan aksesibilitas dan mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Langkah kedua, mendorong pengembangan atraksi wisata, antara lain melalui pengembangan pariwisata di daerah perbatasan (cross-border tourism) melalui penyelenggaraan sejumlah kegiatan wisata secara periodik.

Selain itu juga ada pengembangan atraksi wisata ke arah quality tourism dengan menetapkan kapasitas daya dukung (carrying capacity) di daerah destinasi wisata.

Ketiga, meningkatkan kualitas amenitas di daerah destinasi wisata melalui upaya percepatan pembebasan lahan untuk pengembangan amenitas di Danau Toba dan Borobudur.

Selain itu juga adanya penyelenggaraan Program Indonesia Bersih untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di berbagai daerah destinasi wisata. 

"Di sisi lain, BI juga akan memastikan ketersediaan uang Rupiah layak edar, termasuk ketersediaan fasilitas anjungan tunai mandiri (ATM), kegiatan usaha penukaran valuta asing (KUPVA), operasional kanal pembayaran, serta pengembangan elektronifikasi transaksi pelaku pariwisata di destinasi wisata," tutur Perry. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Longsor Timpa Dua Mobil di Tangerang Selatan

Posted: 07 Apr 2019 10:12 PM PDT

Warga menyaksikan longsor tembok perumahan Lereng Indah yang terjadi di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Tembok perumahan sepanjang 25 meter dan tinggi enam meter itu longsor kemarin sore, Minggu (7/4). (merdeka.com/Arie Basuki)

Warga menyaksikan longsor tembok perumahan Lereng Indah yang terjadi di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Tembok perumahan sepanjang 25 meter dan tinggi enam meter itu longsor kemarin sore, Minggu (7/4). (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja membenahi material tembok perumahan Lereng Indah yang longsor dan menimpa kendaraan di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Dua mobil warga perumahan Lereng Indah rusak tertimpa longsor saat hujan deras. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja membenahi material tembok perumahan Lereng Indah yang longsor dan menimpa kendaraan di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Dua mobil warga perumahan Lereng Indah rusak tertimpa longsor saat hujan deras. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebuah mobil rusak setelah tertimpa material longsor tembok perumahan Lereng Indah di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Tembok perumahan sepanjang 25 meter dan tinggi enam meter itu longsor kemarin sore, Minggu (7/4). (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebuah mobil rusak setelah tertimpa material longsor tembok perumahan Lereng Indah di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Tembok perumahan sepanjang 25 meter dan tinggi enam meter itu longsor kemarin sore, Minggu (7/4). (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja membenahi material tembok perumahan Lereng Indah yang longsor dan menimpa kendaraan di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Dua mobil warga perumahan Lereng Indah rusak tertimpa longsor saat hujan deras. (merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja membenahi material tembok perumahan Lereng Indah yang longsor dan menimpa kendaraan di Perumahan Lereng Bukit Indah, Pondok Cabe Udik, Pamulang,Tangerang Selatan, Senin (8/4). Dua mobil warga perumahan Lereng Indah rusak tertimpa longsor saat hujan deras. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menristekdikti: Beasiswa Bidikmisi untuk Putus Rantai Kemiskinan

Posted: 07 Apr 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong pelajar dari keluarga kurang mampu untuk kuliah melalui program beasiswa Bidikmisi. Ia menyatakan, beasiswa ini ditujukan untuk memutus rantai kemiskinan serta mengurangi angka pengangguran.

"Seseorang yang mempunyai latar belakang pendidikan yang semakin tinggi, akan dipastikan mampu berinovasi lebih baik," ungkap Nasir di Universitas Jember (Unej), Minggu (7/4/2019).

Nasir mengatakan, saat ini pemerintah sudah meningkatkan jumlah beasiswa Bidikmisi untuk mahasiswa baru. Yaitu, dari 90 ribu pada di 2018 menjadi 130 ribu di tahun 2019. 

Menurutnya, pemerintah puas dengan kinerja akademik dari para mahasiswa Bidikmisi dan juga pencapaian profesional para lulusannya yang banyak menjadi orang sukses.

"Yang gagal (lulus) hanya 1 persen dari program Bidikmisi. 99 persennya lulus," tukas Nasir.

Ia mengungkapkan, kunci keberhasilan mahasiswa Bidikmisi terletak pada daya tahan mereka dalam menghadapi tantangan di perguruan tinggi dan dunia kerja.

Nasir pun mencontohkan kepada para mahasiswa Bidikmisi bahwa dirinya dulu turut berjuang saat berkuliah di Universitas Diponegoro.

"Saya sendiri anak petani. Orangtua saya tidak mampu membiayai saya kuliah di Perguruan Tinggi di Universitas Diponegoro saat itu. Saya kerja sambil kuliah. Saya tidak pernah bermimpi dari anak petani sampai sekarang bisa menjadi Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Indonesia," ujar Nasir.

 

Tekan Angka Kemiskinan

Menristekdikti, Mohamad Nasir menghadiri konferensi pers Indonesian Startup Summit (ISS). Liputan6.com/Andina Librianty

Nasir menambahkan, pemerintah memang mengalokasikan program beasiswa Bidikmisi bagi mahasiswa yang kurang mampu untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran di Indonesia, terutama dalam empat tahun terakhir. 

"Jangan sampai bonus demografi, sumber daya manusianya tidak berkualitas, karena jika hal itu terjadi malah akan menjadi malapetaka di Indonesia. Bukan kemiskinan semakin mengecil, tapi akan melebar. Oleh sebab itu Negara selalu hadir, melalui pemberian program beasiswa," ucap Nasir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibanderol Rp1,2 Miliar, Ducati Panigale V4S Resmi Jadi Tunggangan Pengusaha Bandung

Posted: 07 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menggunakan turunan teknologi MotoGP, Ducati Panigale V4S pertama kali hadir di Eicma, Italia 2017 lalu. Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Ducati di Indonesia, PT Cakra Motor Sport resmi menjual dua unit motor pabrikan otomotif Italia tersebut.

Salah satu konsumen yang beruntung mendapatkan Ducati Panigale V4S ialah Sandy Indra Ariska. Berdomisili di Bandung, Ia mengaku telah cukup lama mengincar motor sport full fairing itu.

"Badan saya kan kecil, saya melihat motor ini memiliki bobot yang ringan untuk ukuran mesin 1000cc. Sudah dari bulan Desember 2018 saya pesannya," katanya di Kemang, Jakarta Selatan.

Saat disinggung tunggangan Sandy sebelum membeli Ducati Panigale, Ia mengaku hanya menggunakan motor sport dengan mesin 250cc.

"Biasanya saya menggunakan Yamaha R25. Enggak ada motor lagi, cuma itu saja motor saya," ujar Sandy.

Selanjutnya

Sebagai informasi, Panigale V4S dilengkapi suspensi depan Öhlins NIX-30, dan monoshock belakang Öhlins tipe TTX36. Terdapat juga steering damper atau stabilzer setang semi aktif elektronik lansiran Ohlins. Tidak ketinggalan sejumlah fitur keamanan juga diberikan.

Terkait harga, Panigale V4 memiliki banderol Rp875 juta dan V4S dijual Rp1,2 miliar on the road Jakarta. Mengusung mesin 1.103cc yang dapat menyemburkan tenaga 214 Tk dan torsi 124 Nw.

 

Tak Lagi Dipegang Garasindo, ini Strategi Ducati di Indonesia

Telah diambil alih PT Cakra Motor Sports (CMS), Ducati mengaku memiliki strategi baru untuk menarik minat konsumen di Indonesia, setelah sebelumnya dipegang PT Garansindo Euro Sports.

"Saat ini agen tunggal Ducati di Indonesia sudah diganti oleh PT Cakra Motor Sports (100 persen)," kata CEO PT CMS, Annisa Saugi di Kemang, Jakarta Selatan.

 

 
 

 

Annisa juga menegaskan, proses pengambilan alih telah dilakukan sejak September 2018.

"Transisi sudah dari bulan September dan sekarang baru official jadi PT Cakra Motor Sports. Di sini kita menjadi agen distributor tunggal, yang di mana kami melanjutkan pelayanan dari agen sebelumnya," ujar Annisa.

Selain itu, Faby Tsui COO PT CMS menegaskan pihaknya akan memberikan pelayanan after sales bagi konsumen Ducati di Indonesia.

 

 
 

Selanjutnya

 

"Dibawah Cakra Motor Sport, kami memberikan komitmen untuk layanan purna jual yaitu up todua tahun tapi untuk komposisinya saya lupa, karena memang beda-beda setiap model," kata Faby.

Untuk meningkatkan penjualan, CMS juga akan membuka jaringan lain untuk memenuhi kebutuhan konsumen moge di luar kota.

"Lalu yang kedua memperkuat jaringan yang ada sekarang. Mudah-mudahan akan ada jaringan yang lain di kota besar seperti Bandung, Surabaya atau Bali. Doakan saja karena kita fokus dari sisi sales dan after sales," ujar Faby.

Sebagai daya tarik, Ducati juga akan mengadakan event dan mengandeng komunitas. "Kita juga sudah bekerja sama dengan rumah custom bike," tutur Faby.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Cuma di Negara Ini Orang-Orang Protes Karena Diberi Libur 10 Hari

Posted: 07 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Libur identik dengan kata menyenangkan, sebab salah satu tujuan dari orang-orang memerlukan libur adalah untuk mengembalikan semangat yang mulai terkikis rutinitas. Biasanya untuk menghabiskan waktu libur tidak sedikit orang memanfaatkannya dengan pergi bersama orang yang disayang, seperti keluarga, teman dekat, atau bahkan pasangan.

Kebanyakan orang pasti akan senang jika diberi waktu libur yang panjang. Apalagi jika diberi waktu libur selama 10 hari, pasti kamu sudah buru-buru liburan.

Tapi siapa sangka ada satu negara yang warganya tidak suka diberi libur panjang. Jepang, negara ini sangat terkenal dengan orang-orangnya yang displin. Selain itu ternyata orang-orang Jepang juga tidak suka libur panjang.

Belum lama ini pemerintah Jepang memberikan liburan ekstra untuk memperingati penobatan kaisar baru Negeri Sakura tersebut. Tapi uniknya langkah pemerintah tersebut justru mendapatkan reaksi yang berbeda dari warganya.

Respon Unik Warga Jepang Karena Libur Panjang

Saat pengumuman libur diumumkan oleh pemerintah sebagian besar warga Jepang justru merasa khawatir. Pemerintah memberikan libur kepada seluruh karyawan kantor dan anak sekolah selama 10 hari. Karena sangat terkenal dengan orang-orangnya yang bekerja keras dan disiplin, mereka justru berpikir libur panjang justru akan berdampak negatif.

Warga Jepang khawatir jika libur terlalu lama akan berdampak negatif untuk bisnis dan perekonomian. Dan sebagian orang khawatir karena seluruh siswa di Jepang libur mereka akan kurang kegiatan dan menggunakan waktu untuk hal yang tidak efektif. Seperti yang kita tahu orang-orang Jepang sangat menghargai waktu.

Dalam sebuah survey lokal menemukan bahwa 45% responden "merasa tidak bahagia" tentang liburan panjang itu, dibandingkan dengan 35% yang mengatakan mereka "merasa bahagia." Seperti yang Liputan6.com lansir dari The Guardians, Senin (8/4/2019).

Hari Libur di Jepang

Putra Mahkota Naruhito akan naik takhta pada 1 Mei 2019, menggantikan Kaisar Akihito dan mengantar era kekaisaran baru yang dikenal sebagai era Reiwa. Tahun lalu, anggota parlemen Jepang menyetujui RUU yang menetapkan 30 April, 1 Mei dan 2 Mei sebagai hari libur nasional untuk menandai hari penobatan Putra Mahkota Naruhito.

Sejak 29 April, Hari Showa, sudah merupakan hari libur umum, dan 3 hingga 6 Mei adalah masa liburan tradisional "Minggu Emas" di negara itu. Hari libur 'Minggu Emas' mencakup Hari Peringatan Konstitusi, yang disebut Hari Libur Warga dan Hari Anak-Anak. Itu artinya para pekerja berada dalam masa istirahat 10 hari, termasuk akhir pekan.

Tetapi perpanjangan waktu liburan membuat banyak orang di sektor keuangan khawatir tentang kemungkinan gangguan pasar dan meningkatnya volatilitas saham dan mata uang yang mungkin terjadi. Seorang pedagang mengatakan bahwa "mengerikan" jika perusahaan tidak akan dapat berdagang selama enam hari kerja.

Kekhawatiran Warga Jepang Tentang Libur Panjang

Sementara itu, pekerja kontrak, yang dibayar per jam atau hari, mengatakan mereka takut akan kehilangan pendapatan. Para orangtua juga cemas bahwa mereka tidak bisa membuat anak-anak mereka sibuk, dan takut anak-anak menyia-nyiakan waktu mereka.

Namun, hal ini bukan sepenuhnya menjadi malapetakan bagi negara Jepang. Di tengah kekhawatiran ini, industri perjalanan melihat peningkatan signifikan dalam pemesanan untuk perjalanan ke luar negeri, menandakan bahwa beberapa orang Jepang, setidaknya, ingin mengambil keuntungan dari libur panjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malas Terganggu Orang Pacaran Saat Nonton Bioskop, Pria Ini Beli 5 Tiket Sekaligus

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menonton bioskop menjadi hal yang sering dilakukan banyak orang dari berbagai usia. Biasanya kebanyakan orang menonton bioskop dengan sahabat, keluarga hingga yang paling sering yakni bersama kekasih. Pasangan kekasih tentunya sangat sering menghabiskan waktu kencan mereka dengan menonton film terbaru di bioskop.

Namun, tampaknya hal tersebut kerap kali menggangu para jomblo yang harus menonton bioskop seorang diri. Ya, nyatanya banyak di antara mereka yang merasa tak nyaman melihat pasangan kekasih di dalam bioskop. Kondisi tersebut pun dirasakan seorang pria yang sedang viral di media sosial.

Sering merasa terganggu dengan pasangan yang kerap memadu kasih di bioskop, pria dengan akun Twitter @MasturaAnand memutuskan untuk membeli lima tiket sekaligus. Pada akun Twitter-nya dia mengunggah foto lima tiket bioskop, yang diunggah pada Minggu (7/4/2019).

"Percayalah ini cuma nonton sendiri. Kapok kiri kanan ada pasangan ciuman di bioskop. Alhasil kosongin aja dua dua nya biar tenang aman dan sentosa. Dear pasangan yg ciuman di bioskop, dunia bukan cuma milik kalian," tulisnya pada keterangan foto tersebut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Banyak yang mengaku sering terganggu

(Foto: Derks24/Pixabay)

Tak butuh waktu lama, unggahan tersebut pun mencuri perhatian warganet. Nyatanya banyak yang mengaku memang kerap terganggu dengan pasangan kekasih di dalam bioskop.

"Anjir niat hahaha," ujar akun @panggilajababas.

"KEMAREN NONTON KEGANGGU BGT SM YG BLKG LG KISSING BERISIK BENER," komentar @Unicornalbino00.

"YAAMPUN CAN RELATE BGT KMRN NONTON SENDIRI SAMPING GUE MALAH KISSING KESEL BGT," timpal akun @jasmoone.

"Pengen gini biar ga keganggu orang pacaran juga," kata @yourexpresso.

"Sultan bebazzzzz ya mas," tambah pemilik akun @itsmevinae.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Telkom, BTN Incar Kenaikan Fee Based Income

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - PT Bank Tabungan Negara Tbk/BTN (BBTN) menargetkan peningkatan fee based income atau pendapatan non bunga hingga dua kali lipat pada 2019 dibandingkan tahun lalu.

Salah satunya dengan menggandeng PT Telkom Tbk (TLKM) dalam pemberian layanan IndieHome kepada nasabah BTN.

Kerja sama tersebut dituangkan dengan penandatanganan yang dilakukan Direktur Utama BTN Maryono dan Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga dalam Program IndiHome BTN, di booth IndiHome pada kegiatan Festival Link Aja, di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu 7 April 2019.

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan, sinergi antara BTN dan Telkom ditargetkan dapat menggaet lebih banyak nasabah karena mendapatkan layanan Indihome BTN dengan tarif yang terjangkau untuk fasilitas yang lengkap mulai dari internet, telpon dan Usee TV dari Telkom. 

"Kerja sama ini tidak hanya meningkatkan pendapatan bunga dari KPR namun juga meningkatkan fee based income BTN dari pelayanan pembayaran Indihome BTN," kata Maryono.

Maryono menuturkan, dengan sinergi ini, sekarang nasabah KPR BTN, baik yang baru maupun yang eksisting dapat merasakan nilai tambah dari layanan KPR BTN dengan adanya Indihome BTN. 

Secara umum, ruang lingkup kerja sama ini mencakup penyediaan layanan IndiHome bagi para nasabah BTN yang pemasarannya dilakukan bersama-sama antara Telkom dan BTN baik secara langsung maupun melalui pengembang dan atau asosiasi pengembang. 

Melalui kerja sama ini, lanjut Maryono, para nasbah BTN akan mendapatkan kesempatan untuk berlangganan Paket IndiHome Triple Play yang terdiri dari telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan layanan UseeTv yang memiliki beragam pilihan channel yang menarik.

 

Sinergi BUMN

Layar monitor disiapkan untuk memandu konsumen di Stasiun Kota, Jakarta, Senin (4/12). Menyambut HUT ke-41 KPR, PT BTN (Persero) Tbk menggelar parade KPR dengan suku bunga KPR berbunga rendah 4,1 persen. (liputan6.com/Angga Yuniar)

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga mengungkapkan semangat sinergi BUMN mewarnai terjalinnya kerja sama antara Telkom dan BTN dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat. 

"Kerja sama Telkom dan BTN ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN yang berfokus memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk mendukung digitalisasi masyarakat sebagai upaya meningkatkan kecerdasan bangsa, dengan menyiapkan sarana pengembangan pendidikan yang memadai untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat, khususnya meningkatkan kecerdasan anak anak Indonesia untuk masa depan anak bangsa" ujar Alex.

Lebih lanjut, sinergi ini juga menjadi salah satu wujud komitmen BUMN dalam rangka terciptanya masyarakat digital  Indonesia. Hal ini sebagai upaya mengakselerasi kemajuan ekonomi digital Indonesia, sejalan dengan cita-cita pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

Sebelumnya, pada akhir Januari lalu, Telkom bersama HIMBARA (Perhimpunan Bank Negara) yang terdiri dari BRI, Bank Mandiri, BNI dan BTN telah menandatangani perjanjian kerja sama Program Diskon Pembayaran IndiHome menggunakan Autopayment Kartu Kredit dan Kartu Debit HIMBARA. 

Kerja sama tersebut memungkinkan nasabah mendapatkan keuntungan diskon pembayaran tagihan IndiHome apabila transaksi pembayarannya dilakukan melalui kartu kredit atau debit HIMBARA.

 

BTN Siapkan Rp 150 Miliar Bikin Perusahaan Modal Ventura

Nasabah melakukan transaksi di ATM Bank BTN, Jakarta, Jumat (22/7). Bank BTN siap menampung dana repatriasi dari kebijakan penghapusan pajak (tax amnesty) yang mulai diberlakukan pemerintah. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) telah menyiapkan Rp 150 miliar untuk pembentukan Perusahaan Modal Ventura (PMV). Ini menjadi opsi dalam mengeksekusi sinergi alat pembayaran digital dengan LinkAja. 

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan, apa yang dilakukan ini bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan efisiensi perusahaan melalui sinergi antar BUMN.

"Bank BTN mendapatkan saham sebesar 7 persen yang akan dieksekusi dengan dua pilihan. Pertama, BTN membentuk Perusahaan Modal Ventura (PMV) yang akan dibentuk akhir tahun ini," tegas Direktur Utama BTN Maryono, Kamis 7 Maret 2019.

Maryono menuturkan, nilai pendirian PMV telah disiapkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2019 modal sekitar Rp 150 miliar.

Namun demikian, Maryono juga menyampaikan peluang lain selain mendirikan PMV baru, yaitu dengan cara membeli produk dana ventura khusus LinkAja.

Maryono menuturkan, BTN termasuk beruntung dengan adanya sinergi yang dilakukan himbara dan BUMN lain yaitu Telkom, Pertamina, serta Jiwasraya dalam LinkAja.

Karena sistem pembayaran non tunai yang dikembangkan oleh perusahaan patungan BUMN tersebut yaitu PT Fintek Karya Nusantara atau Finarya dapat memberikan kemudahan bagi nasabah. 

"Ini juga bentuk kerja sama kami agar tidak kalah bersaing dengan fintech lain yang sudah bergelut di sistem pembayaran QR," pungkas Maryono. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Rokan Hilir Curhat Akses Jalan Rusak dan Sekolah Jauh

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Rokan Hilir - Saat daerah lain bergembira dengan pembangunan infrastruktur, warga di Desa Bukit Selamat, Kecamatan Simpang Kanan, Rokan Hilir justru sebaliknya. Akses jalan di desa itu hancur, sehingga menyulitkan warga yang mayoritas petani menjual hasil kebunnya.

"Hancur jalannya, kalau sudah hujan kami tidak bisa menjual sawit karena akses transportasi," kata Kepala Desa Bukit Selamat, Khairon, dikutip dari laman RiauOnline, Senin (8/4/2019).

Khairon mengatakan, antara dusun satu dan dua memang bagus, kalau ke dusun ke tiga jalannya sudah rusak, kalau ke dusun empat itu bagus tapi jalannya masih setapak dan jauh.

Tak hanya itu, Kantor Desa yang dibangun pada 2008 silam juga sudah hampir roboh dan bahkan hingga hari ini belum ada perawatan dari pemerintah.

"Kami mohon kantor desa kami. Tahun 2008 dibangun tapi tidak ada perawatan. Sekarang sudah roboh. Untuk operasional kantor kami pakai aula desa. Itu sudah berlangsung tiga tahun kami lakukan," tambahnya.

Warga di wilayah yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara ini juga mengeluhkan akses pendidikan menuju sekolah tingkat SMA yang berjarak 27 km dari desa.

"Menuju sekolah itu kami harus menempuh jalan sejauh 27 km dengan jalan yang tidak bagus," katanya.

Menanggapi hal tesebut, anggota DPRD Riau Dapil Rokan Hilir, Husaimi Hamidi mengatakan, akan menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut ke pemerintah.

"Untuk sekolah, karena saya merupakan wakil ketua komisi V membidangi pendidikan, saya akan mencarikan lahan yang dekat agar bisa dibangunkan sekolah. Jadi anak-anak tidak perlu jauh-jauh untuk menjadi pintar," katanya.

Baca juga berita RiauOnline.co.id lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Langkah yang Harus Dilakukan Jika Smartphone Kamu Hilang

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Karena ukurannya yang kompak dan bisa dibawa kemana-kemana, smartphone kadang terselip di suatu tempat, tertinggal, atau mungkin hilang tanpa disadari pemiliknya.

Lantas, apa langkah yang perlu dilakukan pengguna saat mengalami berbagai kejadian di atas?

Jangan panik, berikut ini lima hal yang bisa kamu lakukan jika smartphone hilang atau terselip di suatu tempat.

1. Telepon atau SMS Nomor Kamu

Salah satu hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menelepon atau menghirimkan pesan ke smartphone yang hilang.

Memang kelihatannya cara ini sederhana, namun kamu jadi bisa mengetahui apakah smartphone kamu benar-benar hilang atau sekadar lupa menaruhnya.

Kalaupun hilang, cara ini memungkinkan kamu untuk menemukan smartphone hilang. Tentunya jika ada orang yang berbaik hati mengembalikannya.

2. Lacak dengan Find My Phone

Menemukan smartphone hilang dengan aplikasi Find My Phone (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi Find My Phone merupakan aplikasi yang akan memberitahukan lokasi smartphone kamu secara real-time saat dicuri atau hilang.

Selain memberitahukan lokasi tempat smartphone hilang, aplikasi ini juga bisa melacak jejak perangkat kamu saat dibawa pergi oleh seseorang yang menemukannya.

Aplikasi ini bisa dipasang baik di Android maupun iPhone.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Caranya pengguna hanya perlu login dengan akun Google yang sama dengan akun Google di smartphone Android yang hilang.

Saat melacak smartphone kamu yang hilang dengan Find My Device, kamu bisa login dari perangkat lain ataupun melalui desktop.

Lewat aplikasi ini pula, kamu bisa menghapus data yang ada di smartphone jika merasa data-data di perangkat hilang sangat penting untuk tak diketahui orang lain.

3. Lapor ke Pihak Berwajib

Aparat gabungan Polisi, TNI dan Satpol PP melakukan apel pasukan jelang malam Takbiran dan Idul Fitri di Mapolda Metro, Jakarta, (5/7). Polda Metro kerahkan ribuan personil untuk pengamanan malam Takbiran dan Idul Fitri 2016. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Jika belum bisa mendapatkan titik terang tentang keberadaan smartphone kamu, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghubungi pihak yang berwajib.

Meski begitu sebelum membuat laporan, kamu butuh beberapa informasi yakni nomor IMEI smartphone, tipe dan merek smartphone, nomor smartphone, nama jaringan yang dipakai, hingga kronologis kejadian.

4. Hubungi Customer Service

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi customer service dari layanan operator telko yang kamu gunakan.

Di sini, kamu bisa meminta CS untuk memblokir nomor HP smartphone kamu agar tak disalahgunakan oleh orang jahat.

Dengan demikian, pelaku kejahatan tidak memakai nomor kamu untuk menipu orang yang ada di daftar kontak.

5. Pakai Aplikasi Lain

Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Selain langkah di atas, kamu juga bisa memakai beberapa aplikasi smartphone untuk melacak perangkat kamu yang hilang.

Ada banyak sekali aplikasi di Play Store untuk melacak smartphone hilang. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Phone Tracker by Number

Sesuai namanya, aplikasi ini melacak smartphone berdasarkan nomor yang terhubung di dalamnya. Sayang, aplikasi ini kadang bekerja sangat lambat.

Comodo Anti Theft

Aplikasi Comodo Anti Theft memungkinkan pengguna untuk mengatur lokasi, kunci, alarm, penghapus data, hingga mengambil foto.

Aplikasi ini juga punya kelebihan, yakni tak bisa di-uninstal tanpa izin pemilik smartphone.

Dengan demikian, smartphone kamu yang hilang masih tetap bisa terdeteksi melalui Comodo Anti Theft.

(Tin/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Tak Menua, Apa Rahasia Aktor Ant-Man Paul Rudd?

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktor Paul Rudd baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 50 pada 6 April 2019 lalu. Banyak orang tidak percaya bahwa pemeran Ant-Man itu sudah berumur setengah abad.

Salah satu yang paling banyak menjadi pertanyaan warganet adalah mengenai rahasia awet muda Paul Rudd. Dalam Chicago's Comic & Entertainment Expo beberapa waktu lalu, dia bercanda tentang rahasia wajahnya yang terlihat tidak menua.

"Dalam diri saya, saya berusia 80 tahun," ujarnya sambil menunjuk dadanya.

"Di dalam sini, ada kegelapan murni dan sedikit pelembab," selorohnya dikutip dari LAD Bible.

Meski begitu, beberapa waktu yang lalu, dia sempat menceritakan tentang gaya hidupnya yang rajin berolahraga. Apalagi, ketika dirinya mempersiapkan diri untuk bermain di film Ant-Man.

"Hari-hari saya terpusat pada kebugaran dan kesehatan, ini pertama kalinya," kata Rudd seperti dikutip dari People pada Senin (8/4/2019).

Punya Alasan untuk Berolahraga

Adegan dalam film Ant-Man. Foto: via screenrant

Dia mengatakan, apabila di hari biasa dia mencari waktu untuk berolahraga, saat itu dirinya wajib untuk melakukan latihan. Aktor kelahiran 1969 itu juga menceritakan bahwa dia diminta untuk bertanggung jawab untuk setiap kegiatannya.

"Ada alasan untuk melakukannya. Saya tidak hanya melakukan hal ini secara acak yang hanya akan membuatnya jauh lebih sulit."

Dia menambahkan, latihannya saat itu banyak berguling dan berputar. Namun, tidak ada olahraga yang membutuhkannya melompat-lompat seperti parkour.

Rudd juga sedikit berkelakar bahwa dia terinspirasi dari rekannya di waralaba Marvel Cinematic Universe, Chris Pratt untuk berperan di film laga.

"Menyingkirkan semua kesenangan dalam setahun dan Anda bisa berperan sebagai seorang pahlawan," katanya seperti dikutip dari Men's Health Australia.

 

Menghindari Alkohol

Paul Rudd adalah salah satu aktor komedian yang awet muda.(Star2.com)

Tidak hanya aktivitas fisik yang dilakukan Rudd. Tahun 2015, dia juga mengatakan bahwa dirinya juga menjaga apa yang dia konsumsi.

"Saya tidak mengonsumsi apapun yang mengandung alkohol dan karbohidrat selama setahun," kata suami dari Julie Yaeger itu.

Meskipun saat itu dirinya cukup kesulitan namun dia tetap melakukan latihan serta menjaga makanannya.

Rudd sendiri tampaknya masih mempertahankan kondisinya sebagai seorang pahlawan super hingga saat ini. Khususnya, dia juga akan bergabung sebagai Ant-Man bersama rekan-rekannya di Avengers: Endgame yang akan tayang April 2019.

Kali ini, Ant-Man bersama para Avengers yang tersisa harus mengembalikan keadaan dunia setelah setengah populasi makhluk hidup dibinasakan oleh Thanos. Film besutan Anthony dan Joe Russo ini digadang-gadang menjadi karya paling epik keluaran Marvel dan berdurasi sampai 3 jam.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mayangsari Unggah Foto Jajanan Pasar, Warganet Heboh

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hidup berkecukupan bukan berarti melupakan jajanan pasar yang enak, Mayangsari, contohnya. Istri Bambang Trihatmodjo ini mengunggah sebuah foto jajanan pasar dalam akun Instagram pribadinya.

Dalam foto yang diunggah Mayangsari terdapat sederet jajanan pasar yang menggoda selera. Dari kelepon hingga getuk dengan aneka warna, semua memanjakan mata dan menerbitkan selera makan.

"Jajanan pasar yg bikin klenger...Klepon, lopis,kepok,cenil,getuk,ciwel..taburin parutan kelapa sirem dikit gula merah cair hmmm d temenin kopi sore2 gini passssss bgttt..😋😋😋 Happy Sunday💖," tulis Mayang sebagai keterangan foto, Minggu, 7 April 2019.

Melihat unggahan Mayangsari itu, warganet ramai membicarakannya. Mereka ramai meninggalkan komentar dalam kolom komentar, tak terkecuali sejumlah pesohor yang merupakan sahabat Mayang.

"Enaaaak bgt darl," komentar Marini Zumarnis. "Mauuuuuuuu," tulis Rossa dalam kolom komentar akun Instagram Mayangsari.

Undang Teman

Mayangsari bersama suami dan putrinya berlibur ke Amerika Serikat. (dok.Instagram @mayangsaritrihatmodjoreal/https://www.instagram.com/p/Brt4FL_Ava4/Henry

Mayangsari senang unggahannya tersebut mendapat banyak komentar dari teman-temannya. Ia bahkan berencana untuk mengundang sejumlah temannya itu.

"Kuundang mkn ini di rmhku next time ya," tulis Mayangsari menjawab komentar Rossa.

"Iyaa next time mkn ini di rmhku ya," komentar Mayang menanggapi Marini.

Meski lama tak tampil di layar kaca, hubungan Mayangsari dengan sahabatnya tetap berjalan harmonis. Hal itu bisa dilihat dari unggahan Mayang yang selalu mendapatkan respons dari mereka.

Anak Ulang Tahun

Mayangsari (Foto: Instagram)

Hal yang sama tampak saat Mayangsari mengunggah potret ketika putrinya, Khirani Siti Hartinah Trihatmodjo merayalan ulang tahun ke-13 pada akhir Maret 2019 lalu. Ketika itu tak sedikit teman-temannya mengucapkan selamat ulang tahun.

"Happy Birthday Khiran...Ingat waktu Cello nyanyi bday Khiran masih pada kecil2," komentar Yuni Shara.

Dalam unggahan itu, Khiran berada di tengah, sedangkan Bambang di sebelah kiri dan Mayang di sebelah kanan. Mereka kompak mencium pipi anak semata wayang mereka.

"Happy b'day cintanya mama papa...Barokah d usiamu 13th...Panjang umur Sehat sll nak..Jangan tinggalkan sholat jg niat baikmu terhadap orang lain..sll jaga santunmu..Allah SWT Bless U.. muuuuuachhhh Mama Papa Love U somuch💖❤💖❤💖❤ Happy b'day..," tulis Mayangsari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sungai Citarum Meluap, Jalur Utama ke Bandung Terputus

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aliran Sungai Citarum yang meluap membuat jalur utama menuju kota Bandung terputus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini: Alhamdulillah Suami Ikut Mengaji

Posted: 07 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi menikah dengan Reino Barack, Syahrini sempat beberapa kali memperlihatkan aktivitas keluarga kecilnya di akun Instagram pribadinya.

Seperti baru-baru ini misalnya, Syahrini dan Reino Barack menghadiri acara kajian di Medan, Sumatera Utara. Aktivitas ini ia perlihatkan lewat Instagram Stories-nya.

"Alhamdulillah Suami Ikut Mengaji," tulis Syahrini sebagai keterangan videonya, Minggu (8/4/2019).

Dalam video tersebut Syahrini mengikuti kajian bersama adiknya, Aisyahrani, adik ipar, dan beberapa rekan artis lainnya seperti Dini Aminarti, Fenita Arie, Zaskia Sungkar, Arie Untung, Dimas Seto dan masih banyak lagi.

 

Gembira

Syahrini dan Reino Barack (https://www.instagram.com/p/Bv86BLflXol/)

Dalam kesempatan itu Syahrini mengenakan busana muslim berwarna putih. Begitu juga Reino Barack yang memakai baju koko berwarna senada dengan istrinya.

Syahrini pun sangat gembira karena bisa kajian bersama suaminya. Ia berharap Reino Barack dapat konsisten menjadi imam yang baik bagi keluarga.

 

 

Konsisten Jadi Imam Keluarga

Syahrini dan Reino Barack

"Semoga menjadi imam sholatku sampai akhir nanti. Dan menjadi imam yang membimbing suaminya di dunia dan akhirat. Amiin Allahumma amiin," tulis Syahrini di Instagramnya.

Bersama keterangan itu Syahrini mengunggah foto bernuansa hitam putih. Syahrini dan Reino Barack duduk bersebelahan sembari memamerkan senyuman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Bisakah Stadion Utama GBK Menampung 1 Juta Manusia?

Posted: 07 Apr 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kampanye akbar pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Minggu 7 April 2019.

Saat itu, Prabowo mengaku pendukungnya yang hadir saat kampanye akbar itu melebihi 1 juta orang.

"Panitia berapa yang sudah dihitung hadir? Berapa kurang lebih? Satu juta lebih," kata Prabowo, Minggu, (7/4/2019).

Prabowo pun bertanya kepada para pendukungnya yang hadir apakah mereka diberi uang untuk datang ke GBK.

"Saudara-saduara dikasih uang enggak ke sini? Bagaimana satu juta orang dikasih uang. Bahkan tadi di mobil saya yang dikasih uang oleh rakyat," ujar Prabowo.

Di sisi lain, juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menanggapi klaim kehadiran peserta kampanye akbar Paslon 02 yang disebut mencapai 1 juta orang lebih.

"Jangan terlalu berlebihan untuk menghitung jumlah yang hadir. Kapasitas GBK itu tidak sampai 150.000 orang. Jangan ngaku-ngaku hingga satu juta," tutur Ace kepada Liputan6.com lewat pesan singkat, Minggu (07/04/2019).

Benarkah satu juta orang lebih berkumpul di GBK pada Minggu 7 April 2019?

Penelusuran Fakta

Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya dalam kampanye akbar Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4). Sejumlah tokoh nasional pendukung Prabowo - Sandiaga pun turut hadir. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Berdasarkan situs resmi Gelora Bung Karno, kapasitas duduk maksimal di Stadion GBK adalah 78.000 kursi.

Cek Fakta - Profil Stadion Utama GBK Jakarta

Kapasitas duduk GBK tersebut berkurang dari sebelumnya, usai renovasi yang digelar untuk menyambut Asian Games 2018. 

Pengurangan kapasitas itu disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Imam Nahrawi, ketika mengunjungi lokasi tersebut pada Selasa Agustus 2018 sore.

"Kapasitas kursi dulunya 90 ribu, sekarang dikurangi menjadi 76.127. Kenapa? Karena harus menyesuaikan untuk difabel, dan sekarang lebih modern lagi," kata Imam, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Bagaimana dengan kapasitas lapangan rumput dan track larinya? 

Kepadatan Maksimal GBK

Cek Fakta Liputan6.com menggunakan alat (tool) MapChecking untuk mengetahui kapasitas maksimal Stadion Utama GBK dari sisi kepadatan. 

Luas zona keseluruhan Stadion Utama GBK adalah 65.888,52 meter persegi. Jika satu meter persegi disesaki tujuh orang, maka jumlah maksimal manusia yang bisa ditampung adalah 461.219 orang.

Cek Fakta - Pengukuran kepadatan maksimal di GBK dengan alat MapChecking

Pengukuran kedua, masih dengan MapChecking, menyertakan jalanan yang melingkari Stadion Utama GBK. 

Luas zona yang diukur adalah 80.640,96 meter persegi. Dengan asumsi ada tujuh orang dalam luasan 1 meter persegi, maka maksimal manusia yang bisa ditampung adalah 564.486 jiwa.

Cek Fakta - Pengukuran kepadatan maksimal di GBK dengan alat MapChecking (2)

Jumlah ditambahkan dengan kapasitas kursi yang ada di dalamnya (78.000), maka maksimal orang yang bisa ditampung Stadion Utama GBK serta jalanan yang melingkarinya adalah 642.486 orang. 

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Salad Versi Kearifan Lokal Asli Indonesia, Enggak Kalah Sama Luar Negeri

Posted: 07 Apr 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salad merupakan racikan makanan yang terdiri dari sayur dan buah yang bisa menjadi alternatif makanan sehari hari. Biasanya salad dikonsumsi orang orang yang sedang dalam program diet dan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Salad lebih terkenal sebagai makanan yang berasal dari budaya luar negeri, yang akhirnya menjadi sering juga dikonsumsi di Indonesia. Racikan sayur dan buah ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Tetapi, sebenarnya di Indonesia pun telah ada budaya untuk memakan racikan sayur dan buah ini. Bahkan dengan menambahkan bumbu-bumbu khas Indonesia untuk menambahkan kelezatannya.

Oleh karena itu, wajib untuk kamu mengetahui tentang salad yang telah dimiliki Indonesia, yang rasa dan kualitasnya enggak kalah sama salad dari luar negeri seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/4/2019).

Pecel dan Lotek

ilustrasi gambar lotek

1. Pecel

Salad pertama yang asli Indonesia tidak lain tidak bukan adalah pecel. Tentu salad yang satu ini sudah terkenal seantero Indonesia.

Pecel merupakan salad yang berisi sayuran sayuran yang telah direbus terlebih dahulu, kemudian diberi kuah saus kacang. Biasanya sayur sayuran yang terdapat dalam pecel adalah tauge, sayur bayam, kangkung, mentimun, dan sayuran lainnya.

Biasanya selain sayur sayuran, di dalam pecel juga ada lontong ataupun nasi. Jadi sesuai pilihan kamu, apakah sedang ingin memakan nasi, ataupun pakai lontong saja.

2. Lotek

Lotek sebenarnya hampir sama dengan pecel, menggunakan sayuran yang telah direbus dan kuah saus kacang. Tetapi bedanya adalah lotek bisa terasa lebih manis maupun lebih pedas.

Hal ini karena lotek yang menggunakan gula merah dan cabe rawit dalam pembuatan bumbu saus kacangnya. Uniknya, kamu bisa meminta berapa cabe rawit yang diinginkan, dan seberapa banyak gula merah yang diinginkan. Tergantung kamu mau lotek yang manis maupun yang pedas.

Gado-Gado dan Karedok

Gado-gado (credit gambar: jogja.com)

3. Gado gado

Lagi-lagi kita bertemu dengan salad yang hampir sama bentuk dan rasanya. Gado gado memang persis seperti pecel maupun lotek. Menggunakan sayur sayuran yang telah direbus dan kuah saus kacang sebagai bahan utamanya.

Perbedaan yang paling tampak antara gado gado dengan pecel ataupun lotek adalah diberikannya tambahan telur dan kentang rebus pada gado gado. Kadang, ada juga gado gado yang sayur sayurannya diolah dan disajikan secara mentah.

4. Karedok

Karedok merupakan salad dengan sayur sayuran yang disajikan masih mentah, sehingga salad ini tersa menyegarkan ketika kita mengonsumsinya.

Karedok merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Masih sama dengan salad Indonesia lainnya, karedok juga disajikan dengan kuah saus kacang, tentunya dengan cita rasa yang khas.

Rujak Cingur dan Urap

ilustrasi gambar urap (sumber: Merdeka)

5. Rujak cingur

Rujak cingur ini merupakan salad yang memiliki bahan dasar sayur sayuran dan buah buahan. Salad lokal ini biasanya berisikan buah nanas, bengkoang, manga muda, jambu, dan buah lainnya.

Rujak cingur yang berasal dari daerah Jawa Timur ini juga memakai kuah saus kacang sebagai kuahnya. Bedanya, kuah rujak cingur lebih kental dari kuah-kuah salad Indonesia lainnya.

6. Urap atau Trancam

Urap atau trancam memiliki cita rasa yang berbeda dari salad lainnya. Dengan menggunakan berbagai jenis sayuran mentah dan bumbu berupa parutan kelapa dengan ciri khas Indonesia, membuat urap memiliki rasa yang berbeda dengan salad lainnya.

Urap atau trancam ini tidak seperti salad lainnya yang berkuah. Urap bertekstur kering dan tidak berkuah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Hadiri Pertemuan Bersama Milenial di Medan

Posted: 07 Apr 2019 09:50 PM PDT

Fokus, Medan - Para pendukung pasangan Calon Presiden Calon Wakil Presiden nomor 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sejak Minggu pagi memadati kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (8/4/2019), mereka hadir untuk mengikuti kampanye akbar Prabowo-Sandiaga ini.

Dalam orasi politiknya, Prabowo berjanji akan menurunkan harga barang dan kebutuhan pokok dalam 100 hari kepemimpinannya.

Prabowo juga menyampaikan pentingnya perubahan dan berjanji akan menghadirkan pemerintahan yang bersih jika menang dalam pilpres nanti.

Setelah menghadiri kampanye akbar di GBK, Cawapres Sandiaga menghadiri pertemuan bersama milenial di Medan, Sumatera Utara, dalam acara Young Enterpreneur Summit 2019.

Pada acara yang digelar di Pardede Hall ini Sandi memotivasi kaum millenial agar terpacu menciptakan kreasi usaha dan lapangan pekerjaan. Menurut Sandi, modal utama menjadi enterpreuner adalah keberanian bukan ketersediaan materi.

Dalam sesi dialog, Sandi juga menyampaikan visi misinya bersama Prabowo jika terpilih dalam Pilpres 2019.

Rangkaian kampanye terbuka capres cawapres nomor 02 hari ini akan berlangsung di Magetan, Jawa Timur, dan Bantul, Yogyakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Everton vs Arsenal: Tumbang, Emery Puji Aksi Heroik Bernd Leno

Posted: 07 Apr 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Arsenal menyia-nyiakan kesempatan menggusur Tottenham Hotspur di posisi ketiga dalam klasemen Liga Inggris. Meriam London, sebutan Arsenal, malah kalah 0-1 di pekan ke-32 Liga Inggris.

Meriam London harus takluk dari Everton di Goodison Park, Minggu (7/4/2019) malam WIB. Gol tunggal kemenangan Everton dicetak oleh Phil Jagielka.

Kendati kalah, manajer Arsenal, Unai Emery memuji aksi heroik kiper The Gunners Bernd Leno. Kiper asal Jerman melakukan penyelamatan gemilang yang menghindarkan Arsenal dari kekalahan telak.

Penjaga gawang berusia 27 tahun tersebut menghalau lima peluang emas milik Everton. Leno juga berhasil melepaskan 26 umpan dengan sempurna ke rekan setimnya.

"Leno tampil sempurna untuk menyelamatkan kami (dari kekalahan lebih besar)," kata Emery, seperti dikutip dari Metro.

Mantan kiper Bayer Leverkusen itu merupakan andalan Arsenal pada musim ini. Dia sudah 26 kali tampil di Liga Inggris. Leno hanya berada di bangku cadangan Meriam London dalam tujuh pertandingan.

 

Masih Konsisten

Gelandang Everton, Bernard berduel dengan pemain Arsenal pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Goodison Park, Liverpool, Minggu (7/4). Arsenal kalah 0-1 kontra Everton. (AFP/Oli Scarff)

Kendati kalah dari Everton, pelatih berpaspor Spanyol itu menyebut Arsenal masih konsisten. Hal tersebut dibuktikannya dengan posisi Meriam London yang masih bertengger di urutan keempat dengan 63 poin, unggul selisih gol dari Chelsea.

"Secara keseluruhan, kami sedang berproses ke arah konsisten dan kami akan terus konsisten jika mampu menang, bahu-membahu memupuk kebersamaan, diikuti semangat yang mumpuni," ucap Emery.

"Anda tak bisa berpikir bahwa kekalahan hari ini adalah hal yang sangat buruk bagi kami. Kekalahan ini memang hasil yang buruk dan saya juga berpikir bahwa kami tidak tampil dengan baik. Namun, saya pikir kami masih di urutan keempat," ujarnya menambahkan.

 

Klasemen Liga Inggris

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Premier League: Everton vs Arsenal. (Bola.com/Dody Iryawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di NTT, Jokowi Diadang Ribuan Pendukungnya

Posted: 07 Apr 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi tiba di Bandar Udara El Tari Kupang, Senin (8/4/2019) sekitar pukul 11.30 Wita. Jokowi akan melakukan kampanye terbuka di lapangan Sitarda, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang, NTT.

Pantauan Liputan6.com, massa yang mengenakan atribut Pos Perjuangan Rakyat (Pospera) mengadang mobil yang ditumpangi Jokowi persis di Bundaran Penghijaun yang tak jauh dari kampus Universitas Nusa Cendana Kupang.

Sambil meneriakan yel-yel kemenangan Jokowi, ribuan orang itu sempat menahan laju mobil Jokowi. Lalu lintas di area itu pun macet total.

Paspampres nampak turun dari mobil dan meminta massa untuk memberi jalan. Dari dalam mobil, Jokowi sempat melambaikan tangannya dan melempar baju yang bertuliskan, Jokowi-Amin.

Sementata di lapangan Sitarda, lokasi kampanye, puluhan ribu orang sudah memenuhi lapangan meski Jokowi bersama rombongannya belum tiba di lokasi kampanye.

Kampanye 3 Jam

Kampanye Jokowi di Batam Dipadati Ribuan Pendukung (FOTO: Istimewa)

Jokowi dipastikan melakukan kampanye terbuka di Kupang, ibukota Provinsi NTT . Jokowi akan didampingi istrinya, Iriana Joko Widodo dan rombongan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

Berdasarkan keterangan panitia kampanye Jokowi di Kupang, rombongan akan tiba di Bandara Internasional El Tari Kupang pada pukul 11.15 Wita. Setelah beristirahat makan siang di Bandara El Tari dan melakukan kunjungan sesuai arahannya, calon presiden petahana ini akan menyapa seluruh pendukung di Kupang dan NTT di Lapangan Sitarda Kelurahan Lasiana Kecamatan Kelapa Lima Kupang mulai pukul 12.00 Wita.

Di Sitarda, Jokowi akan melakukan orasi atau kampanye politik di hadapan lebih dari 30 ribu massa pendukungnya selama tiga jam.

Ketua Panitia Kampanye Jokowi di Kupang, Melkiades Laka Lena menjelaskan, terkait persiapan telah berjalan dengan baik dan panitia tinggal merapikan finishing untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan arahan Jokowi.

 

Lanjut ke Palangkaraya

Capres 01 Joko Widodo saat kampanye terbuka di Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (4/4). Dalam kampanye tersebut Jokowi mengajak para pendukung untuk memerangi hoax dan memenangkan pasangan no urut 01 Jokowi-ma'ruf di banyumas.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

"Persiapan secara teknis sudah berjalan dengan baik, kami sedang merapikan finishing untuk berbagai hal sesuai dengan permintaan karena beliau sebagai kepala negara yang masih aktif menjabat," jelas Melki kepada Liputan6.com, Senin (8/4/2019).

Ia menyampaikan, persiapan secara lebih khusus juga dilaksanakan dengan koordinasi dengan tim dari Jakarta sehingga pelaksanaan kampanye berjalan dan masyarakat bisa menerima kedatangan Jokowi dengan baik di Sitarda Kupang.

Usai melakukan kampanye di Lapangan Sitarda Kupang, Jokowi dan rombongan dijadwalkan akan bertolak ke Palangkaraya untuk melakukan kampanye. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Everton vs Arsenal: Tumbang, The Gunners Terancam Gagal ke Liga Champions

Posted: 07 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Arsenal gagal bicara banyak saat jadi tamu Everton di laga lanjutan Liga Inggris, Minggu (7/4). Di Stadion Goodison Park, The Gunners harus mengakui keunggulan tuan rumah 0-1.

Bek Phil Jagielka menjadi bintang Everton. Dia mencetak gol semata wayang kemenangan The Tofees ke gawang Arsenal pada menit ke-10.

Dengan kekalahan ini, Arsenal pun belum beranjak dari posisi keempat di klasemen Liga Inggris dengan 63 poin. Nilai mereka itu sama dengan Chelsea yang berada di posisi kelima karena kalah selisih gol.

Namun begitu, posisi Arsenal sangat rawan disalip rival mereka itu dan bisa berimbas kepada peluang mereka tampil di Liga Champions musim depan. Pasalnya, Chelsea akan kembali turun gelanggang Liga Inggris, dini hari WIB nanti.

Seperti diketahui, di Liga Inggris, hanya empat tim teratas di klasemen akhir yang akan tampil di Liga Champions. Posisi pertama hingga keempat langsung tampil di babak utama turnamen paling elite antarklub se-Eropa itu.

Peluang Terbuka

Gelandang Everton, Bernard berduel dengan pemain Arsenal pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di Stadion Goodison Park, Liverpool, Minggu (7/4). Arsenal kalah 0-1 kontra Everton. (AFP/Oli Scarff)

Namun begitu, Arsenal tentu masih punya peluang. Sebab, mereka masih unggul sisa satu pertandingan dibanding rival sekota London mereka itu.

Bahkan, peluang Arsenal untuk menyalip Tottenham Hotspur pun masih terbuka. Karena keduanya hanya berselisih satu poin.

Sementara bagi Everton, kemenangan ini membawa mereka ke posisi kesembilan. Klub asal Liverpool ini mengoleksi 46 poin dari 32 pertandingan.

Kurang Solid

Sementara itu, manajer Arsenal, Unai Emery membeberkan alasan Arsenal kalah 0-1 melawan Everton, Minggu (7/4/2019). Manajer asal Spanyol itu menyebut anak asuhnya tampil kurang solid.

"Kami tahu harus kuat dan solid, dan untuk menjadi kompetitif. Setelah hasil negatif setelah babak pertama, kami mengubah keadaan secara bertahan dan itu memberi kami pilihan yang lebih baik selama 45 menit, tetapi kami tidak dapat mencetak gol," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Minta LSM Indonesia Bela Petani Sawit

Posted: 07 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut memperjuangkan nasib kelapa sawit Indonesia di tengah ancaman penolakan oleh Uni Eropa. Ajakan tersebut juga dia sampaikan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

"Saya harap LSM-LSM Indonesia merasa terpanggil. Ini kan menyangkut 20 juta petani. Jangan hanya soal masalah lingkungan," kata dia, dalam acara Coffee Morning, di Kantornya, Jakarta, Senin (8/4/2019).

"LSM-LSM kita nasionalismenya dibangkitkan. Kau lihat 20 juta rakyat Indonesia. Small holders yang terlibat," lanjut dia.

Dia menegaskan bahwa upaya melawan diskriminasi terhadap kelapa sawit tidak berarti Pemerintah Indonesia mengabaikan isu lingkungan hidup.

"Masalah lingkungan saya sudah berkali-kali katakan kita tidak akan buat kebijakan yang akan rusak generasi kita yang akan datang," ungkapnya.

"Itu kenapa kita gencar sekali masalah Citarum. Coba kau pergi lihat sebelum dan sesudah. Luar biasa progresnya. Sekarang masyarakat sana sudah disiplin. Sadar tidak mau buang sampah sembarang. Semua kita kerjakan. Supaya kita tahu. Soybean itu butuh 10 hektare untuk menghasilkan 1 ton. Kelapa sawit cuma satu hektare," imbuhnya.

 

Moratorium dan Replanting

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Indonesia juga sudah menjalankan moratorium lahan sawit. Kebijakan tersebut akan terus diperkuat pada aspek pengawasannya agar dapat berjalan dengan baik di lapangan.

"Kita 14 juta hektar sudah moratorium. Sepanjang Pak Jokowi ndak ada lagi. Pengawasan yang harus di perketat. Dengan adanya one map policy pengawasan kita akan lebih bagus," jelas Luhut.

Tak hanya itu. Program replanting yang sedang berjalan, kata Luhut bertujuan untuk mengganti sawit petani dengan bibit yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan produksi per hektar.

"Dengan suplay demand kita kendalikan, kita akan bisa pelihara USD 800-900 per ton harga kelapa sawit. Replanting program ini, 40 persen yang punya petani plasma ini, itu akan kita naikkan dengan penggantian bibit yang baik. Sekarang 1,9-2 ton per hektare, kita mau mereka bisa sampai dalam 5-10 tahun ke depan bisa 5, 7, 9 ton per hektare. Itu kan akan menambah kaya petani-petani kita," tegasnya.

Peningkatan produksi sawit pun akan berdampak pada perekonomian, terutama menekan defisit transaksi berjalan. "Kita juga tidak mau tergantung pada impor crued oil karena akan bisa 20 persen sampai 30 persen (crued palm oil) kita convert menjadi energi. Teknologi sudah ada," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

RI dan Malaysia Kompak Lawan Eropa

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Luhut juga mengatakan, baru-baru ini Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah menandatangani surat bersama PM Malaysia, Mahathir Mohamad. Surat tersebut akan dilayangkan ke pihak Uni Eropa.

"Soal sawit kemarin presiden sudah tandatangani surat bersama antara presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Mahathir," kata dia.

Menurut mantan Menko Polhukam ini, surat yang ditandatangani Presiden Jokowi tersebut, berisikan poin-poin keberatan terhadap rencana Uni Eropa mem-band produk sawit.

"Tentang keberatan kita terhadap rencana Uni Eropa mem-band sawit Indonesia, atau sawit dunia lah," ujar dia.

Luhut pun menegaskan pemerintah memandang rencana Uni Eropa melarang produk sawit adalah persoalan serius. Sebab berkaitan dengan hajat hidup sekitar 20 juta petani sawit di Indonesia.

"Dari kaca mata kita itu menyangkut nasib 20 juta petani," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria dengan Gangguan Jiwa Panjat Tempat Suci di Bali

Posted: 07 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria dengan gangguan kejiwaan membuat geger pura di Denpasar, Bali. Pria tersebut memanjat dan duduk di dalam ruangan suci pura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Satpam di Buleleng

Posted: 07 Apr 2019 09:44 PM PDT

Patroli Indosiar, Bali - Polisi menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan seorang petugas satuan pengamanan atau satpam yang terjadi di Desa Gitgit, Buleleng, Bali.  

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (8/4/2019), polisi menghadirkan tersangka atas nama Komang beserta sejumlah saksi kunci. Melalui 27 reka adegan yang diperagakan, korban dan tersangka sempat sempat berkelahi sebelum terjadi penikaman.  

"Kita lihat adegan penusukan ada di adegan 17," kata Kapolsek Sukasada Kompol I Nyoman Landung.  

Setelah pelaksanaan rekonstruksi, penanganan kasus akan dilimpahkan kepada Kejaksaan Negeri Buleleng untuk dilakukan proses lebih lanjut .  

Kasus pembunuhan terhadap satpam bernama Ikram Tauhid terjadi pada awal Maret lalu. Pemicunya, korban yang mengendarai sepeda motor berselisih paham dengan pelaku yang mengendarai mobil di sekitar kilometer 17 Jalanan Desa Gitgit. Tidak berapa lama usai pembunuhan, pelaku menyerahkan diri kepada polisi.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wayang Ajen dan Penampilan Anak Disabilitas Hebohkan GPBG 2019

Posted: 07 Apr 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Garut Penutupan Gebyar Pesona Budaya Garut (GPBG 2019) dihebohkan pertunjukan Wayan Ajen. Digelar di Ballroom Fave Hotel Garut, Minggu (7/4), dipenuhi 1000 generasi muda milenial.

Wayang Ajen, sebuah pertunjukan wayang modern di era milenial. Selalu mengisahkan cerita kebajikan menyesuaikan jaman, tidak melulu cerita masa lalu. Disajikan dengan perpaduan teknologi lighting dan musik konteporer tanpa meninggalkan jati diri budaya Sunda.

Pertunjukan Wayang Ajen Interaktif Gaul adalah salah satu bukti nyata perwujudan dari gagasan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ferdiansyah dalam memajukan kebudayaan.

Ferdiansyah mengatakan, kaum intelektual mempunyai gagasan dan ide sehingga disebut Wayan Urgent Milenial. Untuk kemajuan Kabupaten Garut, dalam hal ini pariwisata berbasis budaya. Satu daerah atau bangsa bisa maju karena kebudayaan.

Ini adalah implementasinya dalam bentuk pengolahan dan pengemasan kesenian tradisional dengan sentuhan teknologi. Namun tetap mempertahankan nilai-nilai budaya yang adiluhung.

"Ini menarik, bisa berkiprah di lebih dari 52 negara tapi tetap tidak meninggalkan jati diri. Ada LED, lampu, sound system, bahkan dicampur lagu-lagu pop tetap tidak meninggalkan jati diri bangsa, yaitu berdasarkan UU No. 5 tahun 2017 pasal 4 dan 5," jelas Ferdiansyah.

Inilah perwujudan membaca tradisi dengan cara-cara modern. Wayang Ajen hadir untuk diapresiasi oleh kaum milenial dengan sajian kekinian dengan penuh pesan moral.

"Inilah sejatinya tontonan yang mengandung tuntunan. Selain itu Wayang Ajen Interaktif Gaul adalah prosesi budaya sebagai Atraksi Pariwisata yang bisa mendunia," kata Ferdiansyah.

Ferdiansyah menjelaskan, orang datang ke tujuan wisata ada tiga hal. Pertama, berkaitan dengan budaya. 65 persen orang hadir ke suatu tempat karena budaya, 35 persen karena alam, 5 persen karena buatan, seperti meeting, konvensi, musyawarah.

"Garut 80 persen wilayahnya konservasi alam maka tidak lain yang dikembangkan pariwisata berbasis budaya," ujarnya.

Pertunjukan Wayang Ajen Interaktif Gaul kali ini ada yang istimewa. Dibuka dengan pertunjukan seni Anak-Anak Disabilitas Garut. Mereka menampilkan Seni Silat, Tari Jaipongan, dan Musik Angklung dari sanggar Sabilulungan Kabupaten Garut.

Selain itu, ada juga Kolaborasi Seni Tari, Musik, Calung, yang membawakan tarian nusantara. Sebelum Wayang Ajen, juga dimeriahkan Penyanyi Pop Rita Tila.

Kepala Dinas Pariwista Garut Budi Gan Gan mengatakan, pertunjukan Wayan Ajen kali ini sengaja mengundang kaum milenial. Tujuannya, agar generasi muda di Garut mengenal kebudayaan dan turut mengembangkan.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Garut mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya promosi wisata antara Kementerian Pariwisata dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut melalui pagelaran Wayang Ajen," ujar Budi Gan Gan Gumilar.

Melalui pementasan Wayang Ajen, diharapkan dapat meningkatkan promosi pariwisata Kabupaten Garut. Selain itu dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Garut.

"Terima kasih Kementerian Pariwisata, terima kasih Pak Ferdiansyah, sekali lagi kita bersama untuk memajukan pariwisata Kabupaten Garut," ujar Gan Gan Gumilar.

Kabid Pemasaran Area I Kemenpar, Wawan Gunawan mengaku terharu menyaksikan penampilan Anak-Anak Disabilitas Garut. Menurutnya, mereka memiliki kelebihan yang tidak dimiliki manusia yang fisiknya normal.

"Allah menakdirkan mereka sangat luar biasa. Saya sebagai seniman sangat haru dan bangga atas jiwa-jiwa mereka yang begitu mempesona. Allah Maha Kuasa atas segala-galanya," ujar Wawan Gunawan.

Apa yang dikatakan Wawan Gunawan ini tidak mengada-ada. Dengan segala keterbatasannya, anak-anak disabilitas ini mampu menunjukkan kemampuannya dengan apik. Misalnya yang menyandang tuna rungu, meski tidak bisa mendengarkan musiknya, ternyata mampu menari Jaipong mengikuti alunan musiknya. Begitu juga dengan lainnya, yang sukses menampilkan lagu Jangan Menyerah milik D'Masiv dan sukses menampilkan pertunjukan musik angklung.

"Ini sangat luar biasa super mantap. Saya terasa tidak bisa apa-apa. Saya merasa sangat kecil di depan mereka yang sangat luar biasa," kata Wawan Gunawan.

Pementasan Wayang oleh Ki Dalang Wawan Ajen menghadirkan lakon Satria Kebajikan. Simbol anak muda, generasi muda milenial yg kreatif innovatif. Generasi yg melek IT, go Digital. Generasi muda yg santun dan berahlak luhur. Menjungjung nilai luhur bangsa. Berbudi pekerti luhur.

"Prilaku santun dan berahlak agamis menjungjung kemuliaan agama, kejaan bangsa dan negara untuk menuju peradaban dunia. Cinta Pancasila, Cinta Bangsa dan Negara, Cinta NKRI," jelas Wawan.

Dia melanjutkan, Satria Kebajikan adalah pembasmi kejahatan, pembasmi teror, pembasmi Hoax. Satria Kebajikan adalah spirit anak bangsa yang memuliakan cinta damai.

"Saling toleransi dalam perbedaan. Keragaman adalah anugerah Allah yang patut disyukuri," pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri menyambut baik terselenggaranya pementasan wayang ini. Dikatakannya, pementasan Wayang Ajen merupakan salah satu daya tarik budaya yang memiliki peranan penting dalam pariwisata Indonesia.

"Hal ini menunjukkan masyarakat Garut termasuk kaum milenialnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya siap untuk kehadiran sektor pariwisata," kata dia.

Untuk itu Menpar juga menekankan peran yang kuat dari stakeholder pariwisata di Kabupaten Garut. Untuk sama-sama menjadikan pariwisata sebagai kekuatan utama.

"Sehingga dapat memberikan dampak langsung terhadap masyarakat. Terutama dalam hal perputaran perekonomian dan kelestarian budayanya," pungkas Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Balasan Admin Kemendikbud Soal Curhat Siswa Saat UN Ini Lucu Banget

Posted: 07 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) baru saja selesai dilaksanakan. Namun ada banyak cerita yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan tersebut. Salah satu hal yang banyak diperbincangkan adalah luapan hati anak-anak SMA yang dicurahkan langsung kepada akun media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terkait lika-liku Ujian Nasional yang mereka rasakan.

Selama proses UNBK, tentu banyak saja yang permasalahan ditemui oleh para siswa. Mulai dari permasalahan koneksi internet hingga komputer yang digunakan. Tapi, permasalahan yang tak pernah habis dirasakan siswa tentu saja adalah soal-soal yang dianggap kelewat sulit.

Merasa kesal karena tidak dapat menjawab soal dengan baik, tak heran membuat para siswa kerap meluapkan keluh kesahnya di media sosial. Dalam unggahan soal testimoni beberapa peserta UNBK, siswa SMA meluapkan segala uneg-uneg dan permasahan hati pasca mengerjakan soal Ujian Nasional.

Namun, menariknya meskipun akun media @kemendikbud.ri. menjadi tempat melampiaskan masalah dan meluapkan hati pasca Ujian Nasional. Namun di balik itu ada sosok admin @kemendikbud.ri. yang dengan sabar menjawab sebagian pertanyaan lucu dari anak-anak yang baru menyelesaikan Ujian Nasional.

Berikut Liputan6.com rangkum 7 balasan admin Kemendikbud soal curhat siswa saat Ujian Nasional (UN), Senin (8/4/2019).

1. Ujian hidup itu macam-macam, salah satunya ya Ujian Nasional

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (Instagram: daffa_dapuk)

2. Luapan hati yang langsung terbalas dengan sempurna

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (sumber: Instagram/rifky.rchmdn)

3. Ingat, April Mop Bukan budaya kita

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (sumber: Instagram/finandautami)

4. Ambil positifnya saja, PUBG kan gak jadi diharamkan

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (sumber: Instagram/curhatan.anaksekolah)

5. Ambil aja sebagai pelajaran buat calon ibu masa depan

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (sumber: Instagram/sekat.kinari)

6. Kandang ayam mengungkit luka saat Ujian Nasional

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (sumber: Instagram/dellaelma)

7. Hmmm Nisa Sabyan solusi saat Ujian Nasional

Balasan Admin Kemendikbud Soal Luapan Hati Siswa Saat UN (sumber: Instagram/cindywahyudi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cinlok, Aktor Ryu Ui Hyun Pacari Hyejeong AOA

Posted: 07 Apr 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Pagi hari ini, Senin (8/4/2019), beredar rumor mengenai Hyejeong AOA dan Ryu Ui Hyun. Dilansir dari Soompi, Newsen melaporkan bahwa keduanya telah menjalin hubungan asmara selama lima bulan.

Sumber yang dikutip oleh Newsen menyebutkan bahwa Hyejeong dan Ryu Ui Hyun mulai berpacaran pada Desember 2018.

"Keduanya terlihat menikmati kencan di restoran populer di daerah Gangnam dan pusat perbelanjaan Hanam di Provinsi Gyeonggi, tempat Ryu Ui Hyun tinggal," tutur sumber tersebut.

Sebagai catatan, Hyejeong AOA dan Ryu Ui Hyun adalah lawan main dalam web drama Is Lovesickness Refundable.

Cinlok

Hyejeong AOA. (AllKpop)

Beberapa jam setelah berita ini muncul, agensi Hyejeong AOA FNC Entertainment menyatakan bahwa berita ini bukan rumor semata. Tak hanya itu, FNC juga menceritakan awal kedekatan keduanya.

"Mereka mulai mengenal satu sama lain saat syuting drama pada Desember dan mulai berkencan dengan perasaan yang positif sejak awal tahun ini," tutur perwakilan agensi tersebut.

 

Hyejeong - Ryu Ui Hyun

Ryu Ui Hyun (Instagram/ ui_hstagram - https://www.instagram.com/p/BuWS6BKHobR/)

Hyejeong adalah salah satu member AOA yang kini juga terjun ke dunia akting. Salah satu drama terbarunya adalah Perfume yang akan rilis pada akhir Juni.

Sementara Ryu Ui Hyun adalah aktor baru yang dikenal publik lewat web drama populer A-Teen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KBRI: Tiga WNI Tewas dalam Kecelakaan Bus di Malaysia

Posted: 07 Apr 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Tiga WNI dinyatakan meninggal dunia dalam insiden kecelakaan bus di Selangor, Malaysia. Mereka adalah pekerja perusahaan MAS Cargo Complex yang tewas dalam perjalanan menuju tempat kerja pada Minggu, 7 April 2019 malam waktu setempat.

"KBRI terus berkoordinasi dengan pihak tempat mereka bekerja dan pihak rumah sakit untuk mengurus pengiriman jenazah ke tanah air," kata Ketua Satgas Pelayanan dan Perlindungan KBRI Kuala Lumpur, Yusron B. Ambary, kepada Liputan6.com, pada Senin (8/4/2019).

Insiden tersebut terjadi di bagian selatan Selangor Malaysia pada pukul 23.00, mengutip Channel News Asia. Sebuh bus yang mengangkut pekerja jatuh ke saluran pembuangan di Jalan S8 Pekeliling Distrik Sepang.

Selain ketiga orang WNI, empat orang lain juga dinyatakan tewas dalam kejadian nahas tersebut. Seluruhnya merupakan pekerja asing.

Asisten komisaris polisi distrik Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA) Zulkifli Adamshah mengatakan, sembilan dari korban -- delapan pekerja dan sopir bus -- tewas di tempat.

Korban lain, seorang wanita, meninggal saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Serdang Malaysia.

Dalam Perjalanan Menuju Tempat Kerja

Ilustrasi Kecelakaan bus di China (AFP)

Dari penyelidikan awal, diketahui bus mengangkut 43 pekerja asing perusahaan MAS Cargo Complex, divisi kargo dari Malaysia Airlines. Para penumpang berangkat dari asrama mereka di Nilai, Negeri Sembilan, menuju tempat kerja mereka saat insiden terjadi.

"Semua pekerja tersebut seharusnya masuk untuk shift tengah malam," kata Zulkifli.

Para korban luka telah dibawa ke Rumah Sakit Sedang, Rumah Sakit Putrajaya, Rumah Sakit Banting, dan Rumah Sakit Kajang untuk mendapatkan perawatan medis.

 

Proses Evakuasi

Ilustrasi evakuasi kecelakaan bus (AFP)

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Zona Lima (Selangor Selatan) Mohd Fadhil Salleh mengatakan mereka menerima panggilan darurat atas insiden tersebut pada pukul 11.16 malam waktu setempat.

"Setelah tiba, kami mengamankan lokasi kecelakaan dan menstabilkan bus, sebelum membebaskan para korban yang terjebak," kata Salleh, dikutip dari New Straits Times.

"Kami harus memotong beberapa bagian bus untuk mencapai mereka," lanjutnya.

Proses evakuasi korban tersebut berlangsung hingga satu jam.

Zulkifli mengatakan kepada wartawan di lokasi kecelakaan bahwa personel dari Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Angkatan Pertahanan Sipil, Departemen Kesehatan dan polisi tambahan dari MAS Cargo Complex berpartisipasi dalam aksi tanggap darurat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Sosok Moise Kean, Primadona Baru Juventus

Posted: 07 Apr 2019 09:35 PM PDT

Turin - Juventus punya primadona baru musim ini. Dia adalah striker berusia 19 tahun, Moise Kean.

Pemuda bernama lengkap Moise Bioty Kean itu lahir dari pasangan imigran asal Pantai Gading, Biorou Jean Kean dan Isabelle. Ketika berusia empat tahun, kedua orang tuanya memutuskan berpisah.

Meski terlahir dari keluarga yang broken home dan sederhana, Moise Kean dianggap sebagai sebuah keajaiban. Terlahir pada 28 Februari 2000 di Vercelli, Italia, Kean merupakan sosok yang dinanti keluarganya, terutama sang ibu, Isabelle.

Isabelle sempat didiagnosis dokter tak bisa hamil. Sempat merasa sedih, Isabelle yang pernah bekerja di sebuah fasilitas perawatan itu, tak menyerah, Hingga akhirnya bisa hamil dan melahirkan Kean.

"Apakah Anda tahu mengapa kami memanggilnya Mose (Musa) di rumah? Karena kelahirannya merupakan keajaiban. Dokter memberi tahu jika saya tak bisa lagi memiliki anak. Saya menangis dan berdoa," tutur Isabelle kepada Tuttosport.

"Giovanni (kakak Kean) juga meminta saya seorang adik kecil. Pada suatu malam saya memimpikan Moses, dia datang membantu saya dan, empat bulan kemudian, saya hamil lagi," lanjutnya.

Hanya dibesarkan oleh sang ibu di kota Asti (55 kilometer sebelah timur kota Turin), Moise Kean menjadi anak yang sangat berbakti. Ketika direkrut Juventus, Kean langsung meminta ibunya untuk tak lagi bekerja.

"Saya bekerja di fasilitas perawatan dan terkadang bekerja di malam hari. Lalu suatu hari, dia menghubungi saya jam 17.30. Saya sedang bersiap pergi bekerja di Nizza Monferrato. Saya ketakutan, saya pikir sesuatu telah terjadi padanya," tambah Isabelle.

"Malah sebaliknya, ia berkata kepada saya, 'Mama, ada kejutan untuk Anda.' Saya menjawab, 'Jangan berkata kamu tidak bergabung dengan Juventus'. Dia berkata 'tidak Ma, saya bergabung. Anda tak perlu bekerja lagi dan Anda bisa hidup bersama saya di Turin," sambungnya.

"Kesuksesan Kean telah membayar semua pengorbanan yang saya lakukan pada masa lalu," paparnya.

 

Wonderkid di Juventus

Penyerang Juventus, Moise Kean, melakukan selebrasi usai membobol gawang AC Milan pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Sabtu (6/4). Juventus menang 2-1 atas AC Milan. (AP/Andrea Di Marco)

Bakat Kean pertama kali tercium Renato Biasi, mantan kiper Torino. Meski sempat menimba ilmu di akademi sepak bola Torino, Moise Kean justru menerima tawaran dari Juventus pada 2010.

Setelah enam musim membela tim junior, diamelakoni debutnya bersama skuat utama I Bianconeri dalam laga melawan Pescara di Serie A, 19 November 2016. Masuk menggantikan Mario Mandzukic pada menit ke-84, Kean saat itu masih berusia 16 tahun.

Setelah sempat dipinjamkan ke Verona sepanjang musim lalu, Kean kembali ke Allianz Stadium pada awal musim 2018-2019. Meski sempat kesulitan menembus tim inti Juve, Moise Kean perlahan mulai mendapat kepercayaan dari pelatih Massimiliano Allegri.

Dia pun mulai rutin tampil dalam lima laga terakhir yang dijalani La Vecchia Signora di Serie A. Teranyar, Kean yang masuk ke lapangan pada menit ke-66 menggantikan Paulo Dybala, menjadi bintang kemenangan Juventus atas AC Milan.

Kean berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-84, sekaligus membawa skuat Putih-Hitam menang 2-1 atas Milan dalam laga pekan ke-31 Serie A, di Allianz Stadium, Sabtu (6/4/2019).

"Kean masuk lapangan dan mencetak gol lagi hari ini. Dia bermain sangat baik, namun biarkan dia tetap tenang," kata Allegri, seperti dilansir laman resmi Juventus.

"Dia perlu bertahan di Juventus. Dengan demikian ia bisa berlatih dan bermain bersama para juara. Bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan teknis, tapi juga mentalnya," lanjutnya.

Moise Kean yang berhasil mencetak enam gol dari 10 laga pada musim ini, membuat sejumlah klub besar Eropa tertarik untuk meminangnya. Namun, Juventus diyakini tidak akan membiarkan sang wonderkid hengkang ke klub lain.

Manajemen I Bianconeri disebut akan memperpanjang durasi kerja Kean hingga 30 Juni 2024. Saat ini, pemain bernomor punggung 18 tersebut masih memiliki kontrak hingga musim panas 2020.

Bintang Masa Depan Timnas Italia

Moise Kean saat selebrasi gol untuk Timnas Italia lawan Finlandia pada kualifikasi Piala Eropa 2020, Minggu (24/3/2019) (Andreas SOLARO / AFP)

Tampil impresif bersama Juventus membuat Moise Kean mendapat panggilan memperkuat Timnas Italia. Pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini, memasukkan nama Kean untuk melakoni laga persahabatan pada November 2018.

Dia menjalani debut bersama Timnas Italia ketika bersua Amerika Serikat di Luminus Arena, Genk, pada 20 November 2018. Ketika itu, dia masih berusia 18 tahun 265 hari.

Karier Moise Kean dengan seragam Italia makin bersinar. Kean dipercaya tampil selama 90 menit penuh ketika menghadapi Finlandia dan Liechtenstein, dalam laga Grup J kualifikasi Piala Eropa 2020.

Dalam pertandingan melawan Finlandia di Dacia Arena, 23 Maret 2019, Kean mencetak satu gol sekaligus membawa Italia menang 2-0. Sementara ketika bersua Liechtenstein di Stadio Ennio Tardini, 26 Maret 2019, ia menyumbangkan satu gol dan membuat Italia menang 6-0.

"Kean memiliki kualitas, potensi yang sangat besar, dan itu semua tergantung padanya. Tidak sulit melihat bakat dalam Kean dan Nicolo Zaniolo, jadi tidak ada risiko untuk memilih mereka," ucap Roberto Mancini.

Dengan usianya yang masih muda, Moise Kean diyakini bakal menjadi andalan Timnas Italia pada masa depan. Apalagi, Timnas Italia masih minim memiliki pemain seperti Kean yang bisa tampil sebagai striker dan juga winger.

Korban Pelecehan Rasialis

Ekspresi penyerang Juventus Moise Kean saat bertanding melawan Cagliari dalam lanjutan Liga Italia di Sardegna Arena, Cagliari, Italia, Selasa (2/4). Juventus menang dengan skor 2-0. (Marco BERTORELLO/AFP)

Meski memiliki karier yang cemerlang, Moise Kean tak lepas dari cemoohan. Bahkan, ejekan yang diterima Kean kerap bernada rasialis.

Hal tersebut terjadi ketika Kean memperkuat Juventus menghadapi Cagliari dalam laga pekan ke-30 Serie A, di Sardegna Arena, 2 April 2019. Dia mendapatkan ejekan bernada rasialis dari oknum suporter Cagliari tiap kali menyentuh bola.

Namun, cemoohan tersebut tak meruntuhkan mental bermain Moise Kean. Dia berhasil membobol gawang Cagliari pada menit ke-85, sekaligus membawa Juventus menang 2-0.

Dukungan untuk Moise Kean mengalir deras. Sejumlah pesepak bola top Eropa dan pelatih menentang keras aksi rasialisme yang dilakukan di dunia kulit bundar.

"Sekarang kekhawatiran saya adalah Moise diserang untuk hal yang tidak seharusnya. Dia bukan seorang provokator. Ia hanya melakukan satu hal: mencetak gol. Titik," tutur kapten Juventus, Giorgio Chiellini, kepada Tuttosport.

"Selebrasinya dalam diam, tanpa melakukan sesuatu secara khusus. Dia tidak salah dan bagi saya, dia adalah wajah yang bagus dari sepak bola Italia," lanjutnya.

Ucapan serupa dilontarkan Roberto Mancini. Mantan pelatih Manchester City itu berharap antirasialisme harus mendapat dukungan dari banyak pihak.

"Di Inggris yang kampanyenya antirasialisme-nya sudah lebih gencar dari Italia, pelanggaran masih tetap terjadi. Butuh peran dari semua pihak untuk memerangi hal tersebut," ucap Mancini.

"Moise Kean adalah anak yang sangat baik. Namun, tekanan dari suporter lawan terkadang membuat pemain terjebak dalam situasi. Saya harap ia tidak melakukan selebrasi yang konfrontatif, lebih baik menahan diri," ungkap Mancini.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Maksud SBY Tulis Surat Sebut Kampanye Akbar Prabowo Tak Lazim

Posted: 07 Apr 2019 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjelaskan, surat yang dibuat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait kampanye akbar Prabowo Saubianto-Sandiaga Uno bukan sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Melainkan sebagai bapak bangsa dan Presiden ke-6 RI.

Dalam suratnya, SBY menyebut bahwa kampanye Prabowo-Sandiaga tidak lazim dan tidak mencerminkan kampanye nasional yang inklusif.

Surat itu, kata AHY, bermaksud untuk mengingatkan agar tidak mengulangi kejadian masa lalu. "Kemarin itu Pak SBY bukan sebagai ketum tapi sebagai bapak bangsa atau negawaran, sebagai mantan presidem yang ingin terus mengingatkan kita semua agar lebih baik jalannya. Jangan mengulangi apa yang tidak baik dimasa lalu," kata AHY di Rumah Makan Taman Sari, Solo, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019).

Dia menjelaskan SBY ingin memberikan pandangan saat memimpin pada 10 tahun yang lalu. Dan menegaskan jangan sampai pada pemilu 2019 menjadi semakin menjurus pada polarisasi, sehingga membenturkan satu sama lain.

"Jadi sebenarnya itu pesan mulia yang disampaikan Pak SBY, mengingatkan kita semuanya, mengingatkan Demokrat," ungkap AHY.

Dia juga tidak mempersalahkan terkait surat tersebut sudah tersebar ke publik. Sebab menurut putra sulung SBY ini, masyarakat perlu tahu agar tidak terpecah belah dalam pengaruh politik yang sifatnya sesaat.

"Jadi kalau misalnya ditanya apakah publik perlu tahu, sehingga lebih banyak yang tahu mungkin lebih bagus lagi. Supaya kita semuanya semakin memiliki kesadaran jangan sampai sekali lagi kita semua terpecah belah hanya karena pertarungan politik yang sifatnya sesaat saja," ungkap AHY.

Alasan Tak Hadir

Massa kampanye akbar Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019). Sebagian besar simpatisan kompak menggunakan pakaian putih-putih. (merdeka.com/Arie Basuki)

AHY menepis kabar absennya di kampanye akbar Prabowo-Sandiaga lantaran adanya surat dari SBY terkait konsep kampanye yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno pada Minggu 7 April. Putra Sulung SBY tersebut mengatakan tidak ada larangan untuk mengahadiri kampanye tersebut.

"Tidak sama sekali. Saya ini adalah pribadi yang mandiri. Jadi tidak pernah ada larangan dari siapapun termasuk dari orangtua sendiri," kata AHY.

Dia menjelaskan, SBY sebagai orangtua tidak pernah melarang. Dan selalu memberikan keluasaan anak-anaknya dalam mengambil keputusan serta melakukan apapun.

"Pak SBY itu selalu memberikan keluasaan bagi anak-anaknya mengambil keputusan, dalam melakukan hal apapun. Karena beliau juga percaya kami semua punya pertimbangan yang baik," kata AHY.

Dia juga menjelaskan, alasannya tidak hadir lantaran kurang sehat. Sebab setelah melakukan safari politik di Yogyakarta pada Kamis 4 April, ia langsung terbang menuju ke Singapura untuk menengok kondisi Ibunya, Ani Yudhoyono yang sedang sakit.

"Padahal sebenarnya saya sudah mengejar untuk bisa hadir di kampanye akbar di Jakarta. Malam harinya saya terbang ke Jakarta last flight, tapi saya merasa badan saya kurang fit, akhirnya saya tidak bisa memaksakan diri," ungkap AHY.

Isi Surat SBY

Bendera merah Putih raksasa terlihat  dalam kampanye akbar pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (7/4/2019). Kampanye itu diikuti ribuan simpatisan pendukung Prabowo-Sandi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Berikut isi lengkap surat SBY:

Kepada yang terhormat

1. Ketua Wanhor PD Amir Syamsudin

2. Waketum PD Syarief Hassan

3. Sekjen PD Hinca Panjaitan

BismilahirrahmanirrahimAssalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuhSalam Sejahtera

Salam Demokrat !

Sebenarnya saya tidak ingin menggangu konsentrasi perjuangan politik jajaran Partai Demokrat di tanah air, utamanya tugas kampanye pemilu yang tengah dilakukan saat ini, karena terhitung mulai tanggal 1 Maret 2019 yang lalu saya sudah memandatkan dan menugaskan Kogasma dan para pimpinan partai untuk mengemban tugas penting tersebut. Sungguhpun demikian, saya tentu memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan agar kampanye yang dijalankan oleh Partai Demokrat tetap berada dalam arah dan jalur yang benar, serta berlandaskan jati diri, nilai dan prinsip yang dianut oleh Partai Demokrat. Juga tidak menabrak akal sehat dan rasionalitas yang menjadi kekuatan partai kita.

Sore hari ini, Sabtu, tanggal 6 April 2019 saya menerima berita dari tanah air tentang "set up", "run down" dan tampilan fisik kampanye akbar atau rapat umum pasangan capres-cawapres 02, Bapak Prabowo Subianto-Bapak Sandiaga Uno, di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Karena menurut saya apa yang akan dilakukan dalam kampanye akbar di GBK tersebut tidak lazim dan tidak mencerminkan kampanye nasional yang inklusif, melalui sejumlah unsur pimpinan Partai Demokrat saya meminta konfirmasi apakah berita yang saya dengar itu benar. Malam hari ini, saya mendapat kepastian bahwa informasi yang didapat dari pihak lingkaran dalam Bapak Prabowo, berita yang saya dengar itu mengandungi kebenaran.

Sehubungan dengan itu, saya minta kepada Bapak bertiga agar dapat memberikan saran kepada Bapak Prabowo Subianto, Capres yang diusung Partai Demokrat, untuk memastikan hal-hal sebagai berikut:

Penyelenggaraan kampanye nasional (dimana Partai Demokrat menjadi bagian didalamnya) tetap dan senantiasa mencerminkan "inclusiveness", dengan sasanti "Indonesia Untuk Semua" Juga mencerminkan kebhinekaan atau kemajemukan. Juga mencerminkan persatuan. "Unity in diversity". Cegah demonstrasi apalagi "show of force" identitas, baik yang berbasiskan agama, etnis serta kedaerahan, maupun yang bernuasa ideologi, paham dan polarisasi politik yang ekstrim.

Pemilihan Presiden yang segera akan dilakukan ini adalah untuk memilih pemimpin bangsa, pemimpin rakyat, pemimpin kita semua. Karenanya, sejak awal "set up"nya harus benar. Mindset kita haruslah tetap "Semua Untuk Semua" , atau "All For All". Calon pemimpin yang cara berpikir dan tekadnya adalah untuk menjadi pemimpin bagi semua, kalau terplih kelak akan menjadi pemimpin yang kokoh dan insya Allah akan berhasil. Sebaliknya, pemimpin yang mengedepankan identitas atau gemar menghadapkan identitas yang satu dengan yang lain, atau yang menarik garis tebal "kawan dan lawan" untuk rakyatnya sendiri, hampir pasti akan menjadi pemimpin yang rapuh. Bahkan sejak awal sebenarnya dia tidak memenuhi syarat sebagai pemimpin bangsa. Saya sangat yakin, paling tidak berharap, tidak ada pemikiran seperti itu (sekecil apapun) pada diri Pak Jokowi dan Pak Prabowo.

Saya pribadi, yang mantan Capres dan mantan Presiden, terus terang tidak suka jika rakyat Indonesia harus dibelah sebagai "pro Pancasila" dan "pro Kilafah". Kalau dalam kampanye ini dibangun polarisasi seperti itu, saya justeru khawatir jika bangsa kita nantinya benar-benar terbelah dalam dua kubu yang akan berhadapan dan bermusuhan selamanya. Kita harus belajar dari pengalaman sejarah di seluruh dunia, betapa banyak bangsa dan negara yang mengalami nasib tragis (retak, pecah dan bubar) selamanya. The tragedy of devided nation. Saya pikir masih banyak narasi kampanye yang cerdas dan mendidik. Seperti yang kita lakukan dulu pada pilpres tahun 2004, 2009 dan 2014. Bangsa kita sangat majemuk. Kemajemukan itu disatu sisi berkah, tetapi disisi lain musibah. Jangan bermain api, terbakar nanti.

Para kader pasti sangat ingat, Partai Demokrat adalah partai Nasionalis-Relijius. Bagi kita Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika adalah harga mati. Tidak boleh NKRI menjadi Negara Agama ataupun Negara Komunis. Indonesia adalah "Negara Pancasila" dan juga "Negara Berke-Tuhanan". Inilah yang harus diperjuangkan oleh Partai Demokrat, selamanya.

Saya berpendapat bahwa juga tidak tepat kalau Pak Prabowo diidentikkan dengan kilafah. Sama tidak tepatnya jika kalangan Islam tertentu juga dicap sebagai kilafah ataupun radikal. Demikian sebaliknya, mencap Pak Jokowi sebagai komunis juga narasi yang gegabah. Politik begini bisa menyesatkan. Sejak awal harusnya narasi seperti ini tidak dipilih. Tetapi sudah terlambat. Kalau mau, masih ada waktu untuk menghentikannya.

Dari pada rakyat dibakar sikap dan emosinya untuk saling membenci dan memusuhi saudara-saudaranya yang berbeda dalam pilihan politik, apalagi secara ekstrim, lebih baik diberi tahu , apa yang akan dilakukan Pak Jokowi atau Pak Prabowo jika mendapat amanah untuk memimpin Indonesia 5 tahun mendatang (2019-2024). Apa solusinya, apa kebijakannya? Tinggalkan dan bebaskan negeri ini dari benturan indentitas dan ideologi yang kelewat keras dan juga membahayakan. Gantilah dengan platform, visi, misi dan solusi. Tentu dengan bahasa yang mudah dimegerti rakyat. Sepanjang masa kampanye, bukan hanya pada saat debat saja.

Demikian Pak Amir, Pak Syarief dan Pak Hinca pesan dan harapan saya. Ketika saya menulis pesan ini, saya tahu AHY berada dalam penerbangan dari Singapura ke Jakarta, setelah menjenguk Ibu Ani yang masih dirawat di NUH. Partai Demokrat harus tetap menjadi bagian dari solusi, dan bukan masalah. Selamat berjuang, Tuhan beserta kita.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Singapura, 6 April 2019

Prof. Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Memantau Proyek Pembangunan 6 Ruas Tol Dalam Kota Jakarta

Posted: 07 Apr 2019 09:33 PM PDT

Pekerja mengerjakan pembangunan enam ruas tol dalam kota di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu ( 7/4). Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memperkirakan biaya konstruksi proyek enam ruas tol dalam kota bakal meningkat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pekerja mengerjakan pembangunan enam ruas tol dalam kota di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu ( 7/4). Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memperkirakan biaya konstruksi proyek enam ruas tol dalam kota bakal meningkat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampakan proyek pembangunan enam ruas tol dalam kota di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu ( 7/4). Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memastikan proyek enam ruas tol dalam kota tahap pertama bisa dioperasikan pada Oktober tahun ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampakan proyek pembangunan enam ruas tol dalam kota di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu ( 7/4). Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memastikan proyek enam ruas tol dalam kota tahap pertama bisa dioperasikan pada Oktober tahun ini. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampakan proyek pembangunan enam ruas tol dalam kota di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu ( 7/4). Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memperkirakan biaya konstruksi proyek enam ruas tol dalam kota bakal meningkat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Penampakan proyek pembangunan enam ruas tol dalam kota di Kawasan Kelapa Gading, Jakarta, Minggu ( 7/4). Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR memperkirakan biaya konstruksi proyek enam ruas tol dalam kota bakal meningkat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Hadiri Deklarasi Komunitas Olahraga Bersatu di Tangerang

Posted: 07 Apr 2019 09:32 PM PDT

Fokus, Tangerang - Beginilah kemeriahan kampanye terbuka yang diselenggarakan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor 01 Joko Widodo atau Jokowi dan KH Ma'ruf Amin di Tangerang, Banten.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (8/4/2019), dalam kampanye yang berlangsung pada hari Minggu ini, Jokowi kembali memaparkan tiga kartu andalan yang menjadi programnya jika terpilih kembali sebagai presiden.

Kampanye terbuka di Tangerang ini dikemas dengan karnaval dengan tema ragam budaya Indonesia. Karnaval dimulai dari alun-alun Jalan Ahmad Yani menuju pendopo Wali Kota Tangerang. Dalam karnaval, Jokowi dan Ma'ruf Amin menaiki kereta kuda sejauh 1,3 kilometer.

Minggu malam, kampanye dilanjutkan ke BSD untuk mengikuti deklarasi dukungan komunitas olahraga di BSD. Deklarasi dihadiri oleh atlet senior seperti Taufik Hidayat dan Imelda Wiguna. Hari ini, Jokowi bertolak ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk kampanye terbuka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rilis Data Pengangguran AS Dorong Penguatan Rupiah

Posted: 07 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap doalr Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan hari ini. Penguatan ini karena data ekonomi AS yang melemah. 

Mengutip Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), Senin (8/4/2019), rupiah dipatok di angka 14.145 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan Jumat lalu yang ada di angka 14.158 per dolar AS.

Berbeda, berdasarkan Bloomberg, rupiah dibuka di angka 14.150 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.133 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini rupiah bergerak di kisaran 14.147 per dolar AS hingga 14.155 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,65 persen.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, rupiah berpeluang menguat pasca rilis tingkat pengangguran di AS yang tercatat stagnan.

"Data ketenagakerjaan menjadi indikator penting The Fed dalam kebijakan suku bunganya. Kemungkinan The Fed masih belum akan mengubah kebijakan suku bunganya saat ini yang masih bertahan pada 2,25 -2,5 persen," ujar Lana dikutip dari Antara.

Tingkat pengangguran di AS untuk Maret 2019 tercatat 3,8 persen, tetap sebagaimana Februari 2019. Padahal sebelumnya pada minggu yang berakhir pada 30 Maret 2019, jumlah tingkat klaim pengangguran (jobless claims) tercatat terendah sejak minggu yang berakhir pada 6 Desember 1969.

Selama Maret 2019 tersebut, data tenaga kerja non-pertanian (non-farm payroll) AS bertambah sebanyak 196.000, naik tajam dari bulan sebelumnya yang hanya bertambah 33.000. Data ketenagakerjaan AS kembali menguat setelah pada Februari lalu sempat melambat.

Lana memperkirakan pada hari ini rupiah akan bergerak menguat di kisaran 14.100 per dolar AS hingga 14.130 per dolar AS.

BI Perkirakan Nilai Tukar Rupiah Lebih 'Jinak' di 2019

Petugas melayani nasabah di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, Bank Indonesia memperkirakan volatilitas nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada 2019 tak setinggi 2018. Ini lebih karena sentimen utama, yaitu The Fed, mulai melunak.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan, pasalnya, pada Rabu (20/3) malam waktu setempat, The Fed mempertahankan suku bunga acuan pada 2,25 - 2,5 persen atau median 2,375 persen.

Penetapan suku bunga itu menguatkan ekspetasi pelaku pasar untuk kebijakan yang lebih melunak (dovish). The Fed juga mengubah sinyalemen untuk arah kebijakan suku bunga dalam jangka menengah, yang menyiratkan jumlah kenaikan suku bunga acuan yang lebih rendah dalam dua tahun ke depan. 

"Seperti hasil FOMC di tanggal 21 Maret, memberi sinyal semakin jelas bahwa mereka tidak akan menaikkan suku bunga, setidaknya untuk tahun 2019 ini. Artinya, satu faktor global itu sudah jelas akan memberikan dukungan terhadap stabilitas rupiah," ujar Nanang pada Minggu 24 Maret 2019.

Antisipasi

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Meski demikian, Nanang menegaskan, Bank Indonesia tidak akan mengendorkan antisipasinya terhadap berbagai potensi gejolak ekonomi global yang mempengaruhi pergerakan rupiah.

Bank Indonesia, saat ini masih mewaspadai dinamika ekonomi global yang bisa memberikan efek rambatan terhadap negara berkembang seperti dari perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara maju, yakni Amerika Serikat, China, Jerman, dan Prancis.

"Memang ada faktor lain yang muncul yaitu situasi ekonomi global yang belakangan semakin melemah atau merosot. Tapi berdasarkan beberapa referensi itu akan bangkit di akhir tahun 2019," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ingat Afiqah? Kini Beranjak Remaja dan Jadi Atlet Senam

Posted: 07 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada yang masih ingat gadis kecil bernama Afiqah? Gadis cilik ini sempat viral beberapa tahun lalu berkat iklan biskuit saat ia masih berusia enam tahun. Dalam iklan tersebut menampilkan perbincangan dua anak kecil tersebut, Afiqah tampil dengan tampang yang sangat lucu dan menggemaskan.

Amanina Afiqah Ibrahim atau yang akrab panggil Afiqah lahir di Jakarta pada tanggal 6 Januari tahun 2006. Kini tahun-tahun berlalu dan si imut Afiqah sekarang sudah berusia 13 tahun. Gadis kecil itupun mulai berubah dari si imut menjadi si cantik. Berbeda dari saat masih kecil yang menjajak dunia akting sekarang Afiqah justru fokus dengan kegiatannya yaitu gimnastik atau senam artistik. 

Gadis yang duduk di bangku kelas satu SMP ini mengaku sudah menekuni olahraga gymnastic selama hampir tiga tahun. Selain gymnastic, Afiqah juga mengikuti olahraga bola basket bersama teman-teman sekolahnya. Terlihat dari aktivitas akun instagramnya Afiqah sedang menekuni dunia senam Afiqah bahkan hingga telah meraih prestasi yang membanggakan.

Transformasi Afiqah

1.  Si imut Afiqah umur 6 tahun, dibuat gemes sama pipinya

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

2. Makin terlihat lebih dewasa

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

Makin Dewasa

3.  Tampil cantik dengan jilbab, sudah umur 11 tahun

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

4. Menekuni Gymnastic sejak umur 11 tahun

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

Menekuni Bidang Baru

5.  Menoreh prestasi di bidang lain selain menjadi artis cilik

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

6.  Lentur banget ya badan Afiqah

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

Menjadi Atlet Senam

7. Gimana kalau yang ini?

Afiqah Nina (sumber: instagram/@amaninaafiqah)

8.  Lincah banget latihannya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: