Kamis, 18 April 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi: Selamat Merayakan Jumat Agung

Posted: 18 Apr 2019 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Jumat Agung kepada seluruh umat kristiani di Tanah Air. Hal tersebut disampaikannya lewat akun media sosialnya.

Tidak banyak untaian kata-kata yang disampaikan Jokowi. Baik di Twitter maupun Instagramnya, capres nomor urut 01 menuliskan, "Kepada saudara-saudara umat Kristiani di seluruh tanah air, selamat merayakan hari Jumat Agung."

Unggahan itu disertai dengan gambar mahkota duri.

Postingan tersebut pun disambut 31.132 netizen. Ada beberapa dari mereka mengucapkan terima kasih. Dan disukai oleh 720.491. Salah satunya dari @maria_yayuk yang membalas mendoakan Jokowi.

"Terima kasih pak, semoga Tuhan memberkati bapak selalu dan di mudahkan jalannya," tulis akun @maria_yayuk salah satu netizen dikolom komentar Jokowi.

Tidak hanya netizen, sejumlah selebriti juga turut mengomentari. Di antaranya aktor @chicco.jerikho, penyanyi @mariasmrngkr.

"Terima kasih bapak," tulis penyanyi Indonesia Idol, Maria Simorangkir.

 

 

Kepada saudara-saudaraku umat Kristiani di seluruh tanah air ....

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Bumi Skala Kecil Goyang California Setiap 3 Menit, Apa Penyebabnya?

Posted: 18 Apr 2019 10:38 PM PDT

Liputan6.com, California - California Selatan menjadi lokasi di mana sejumlah guncangan akibat gempa bumi terdeteksi. Lebih banyak daripada yang pernah diketahui sebelumnya. Menurut sebuah studi baru, sebuah lindu skala kecil bergemuruh melalui bagian selatan "The Golden State" setiap 3 menit.

Gempa ini tidak akan merobohkan dinding bangunan atau membuat pohon-pohon palem bergoyang. Bahkan, getaran gempa nyaris tidak bisa terdeteksi oleh instrumen seismik biasa, begitu pula oleh para ahli.

Kini, sebuah tim seismolog sedang berupaya mencari tahu pola aktivitas lengkap dari lindu tersebut agar bisa memahami bagaimana gempa bumi yang lebih besar dimulai dan bagaimana gempa dapat memicu satu sama lain.

"Bumi mengalami kegagalan sepanjang waktu," kata penulis studi Zachary Ross, seorang peneliti postdoctoral bidang geofisika di California Institute of Technology, seperti dikutip dari Live Science, Jumat (19/4/2019). "Gempa yang pertama kali muncul benar-benar 'berkomunikasi' satu sama lain dalam ruang dan waktu."

 

Bagian yang Hilang

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Manusia secara alami paling tertarik pada gempa bumi besar dan sifat gempa yang merusak, kata Ross kepada Live Science. Misalnya, gempa yang mampu merenggut nyawa manusia dan membuat lokasi yang terkena guncangan lumpuh.

Tetapi gempa-gempa itu tidak terjadi pada skala waktu yang sama dengan kehidupan manusia.

Pada sebuah sesar (patahan), satu gempa berkekuatan dahsyat mungkin bisa terjadi pada setiap abad atau bahkan setiap seribu tahun. Namun gempa kecil justru lebih sering terjadi.

Untuk setiap guncangan dalam satuan magnitudo, ada 10 kali (atau lebih dari 10) gempa, menurut Ross. Lebih jelasnya, untuk setiap gempa dengan kekuatan 7,0 magnitudo --misalnya-- ada 10 gempa 6,0 magnitudo, 100 gempa bermagnitudo 5,0 dan seterusnya.

Bahkan seismometer tidak mudah membedakan getaran terkecil dari kebisingan yang terjadi di lingkungan kota-kota besar, seperti California Selatan.

Katalog standar tentang gempa negara bagian ini, yang dikeluarkan oleh Caltech dan Survei Geologi Amerika Serikat menangkap semua getarang gempa yang besarnya 1,7 SR dan lebih tinggi.

Sekarang, Ross dan rekan-rekannya telah menemukan cara untuk meredakan gempa berkekuatan 0,3 SR dari data yang sama.

Kuncinya, kata Ross, adalah bahwa dua gempa dengan episentrum yang serupa akan menunjukkan pola yang nyaris kembar pada seismogram, bahkan jika ada satu gempa yang kekuatannya jauh lebih besar daripada yang lain.

Para peneliti menggunakan gempa bumi yang terkenal (yang pernah terjadi sebelumnya dan masuk dalam catatan sejarah dari sebuah negara) sebagai templat.

Mengungkap Pola Baru

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Metode ini mengungkapkan adanya 1,8 juta gempa kembar skala kecil dalam lindu yang diketahui terjadi selama 10 tahun. Dari 2008 hingga 2017, California Selatan mengalami rata-rata 495 gempa kecil dalam sehari, satu goyangan setiap 174 detik.

Ross dan timnya kemudian melaporkan temuan tersebut pada Kamis, 18 April 2019, dalam jurnal Science.

Salah satu contoh ialah pada tahun 2012, Imperial Valley California mengalami serangkaian gempa bumi yang dikenal sebagai Brawley Earthquake Storm.

Ada ratusan gempa kecil, dan dua gempa yang cukup merusak, mencapai kekuatan 5,3 dan 5,5 SR. Menggunakan kumpulan data yang baru saja dibuat, Ross dan rekan-rekannya menemukan bahwa 'kawanan' gempa ini sebenarnya dimulai dari guncangan halus selama 10 jam, yang sebelumnya tidak diperhatikan.

Tim juga menggunakan hasil riset untuk menyelidiki dampak gempa El Mayor-Cucapah yang mengguncang Baja California, Meksiko, pada tahun 2010 dengan kekuatan 7,2 magnitudo.

Ada lonjakan nyata pada gempa skala sangat rendah selama seminggu setelah lindu tersebut, usai goncangan terjadi pada jarak hingga 170 mil (275 kilometer) dari patahan, para peneliti menemukan. Pergeseran yang hampir tidak terdeteksi ini bisa menjelaskan bagaimana gempa mempengaruhi satu sama lain dalam jarak jauh, kata Ross.

Teknik pencocokan templat yang sama, bisa berguna di luar California Selatan, Ross menambahkan. Setiap wilayah atau negara dengan jaringan seismik yang baik dan catatan data berkualitas tinggi, dapat mengetahui sejarah gempa kecil yang melanda wilayah tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singkirkan City, Tottenham Makin Pede Juara Liga Champions

Posted: 18 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Danny Rose sesumbar Tottenham bisa juara Liga Champions usai mengalahkan Manchester City di semifinal. Bek asal Inggris itu menilai skuat Spurs telah membuktikannya hingga menembus empat besar.

Tottenham menembus semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 57 tahun terakhir. Mereka tetap lolos meski kalah 3-4 di kandang Manchester City pada leg kedua perempat final.

Di semifinal Liga Champions, Spurs akan menantang Ajax Amsterdam. Kebetulan Ajax juga menjadi kuda hitam musim ini setelah menyingkirkan Real Madrid dan Juventus.

"Kami telah mengalahkan calon juara Bundesliga dan calon juara Liga Inggris. Jadi saya pikir rute yang kami lewati cukup berat," kata Rose seperti dilansir Evening Standard.

"Tentu kami sangat percaya diri menghadapi siapapun. Kami tidak takut dengan semua lawan yang tersisa di Liga Champions," katanya menambahkan.

 

 

Penuh Ujian

Bek Tottenham, Danny Rose, membuang bola saat melawan Arsenal pada laga perempat final Piala Liga di Stadion Emirates, London, Rabu (19/12). Arsenal kalah 0-2 dari Tottenham. (AFP/Ben Stansall)

Meski demikian Rose menilai Tottenham kurang bagus menjalani musim ini. Pasalnya mereka membuang peluang juara di Liga Inggris.

"Musim ini seperti ujian karena kami tak merekrut pemain sama sekali. Pembangunan stadion juga sempat terhambat," kata Rose.

"Namun sekarang kami berada di posisi bagus meski harus bersaing finis empat besar. Kami ingin mengakhiri musim ini dengan kuat," ucapnya.

Jadwal Liga Inggris

Aksi pemain Tottenham Hotspur, Danny Rose (kiri) menghalau bola dari kaki pemain Manchester City, Raheem Sterling pada lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Manchester, (16/12/2017). Manchester City menang 4-1. (AFP/Paul Ellis)

Jadwal Liga Inggris

Sabtu, 20 April 2019

18:30 WIB, Manchester City vs Tottenham Hotspur

21:00 WIB, AFC Bournemouth vs Fulham

21:00 WIB, Huddersfield Town vs Watford

21:00 WIB, West Ham United vs Leicester City

21:00 WIB, Wolverhampton Wanderers vs Brighton & Hove Albion

23:30 WIB, Newcastle United vs Southampton

Minggu, 21 April 2019

19:30 WIB, Everton vs Manchester United

22:00 WIB, Arsenal vs Crystal Palace

22:00 WIB, Cardiff City vs Liverpool

Selasa, 23 April 2019

02:00 WIB, Chelsea vs Burnley

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Bareng, Sule Ajak Naomi Zaskia Main di Wahana Rekreasi

Posted: 18 Apr 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kisah asmara Sule dan Naomi Zaskia sudah lama menjadi sorotan. Keduanya pun kompak menyebut kedekatan mereka hanya pertemanan biasa.

Namun keakraban Sule dan Naomi Zaskia saat jalan bareng di sebuah arena rekreasi di kawasan Sentul, Bogor, boleh jadi mematahkan pengakuan keduanya.

Sule dan Naomi Zaskia tepergok sedang jalan bareng di arena rekreasi tersebut. Keduanya juga sempat menjajal beberapa arena bermain.

Tak cuma berdua, Sule dan Naomi Zaskia juga terlihat mengajak kerabat dekat saat berada di wahana rekreasi itu.

 

 

Kompak di Medsos

Kebersamaan Sule dan Naomi Zaskia (Instagram Stories)

Keduanya pun kompak mengunggah kebersamaan mereka di akun Instagram masing-masing. Baik Naomi Zaskia ataupun Sule juga membagikan momen kebersamaan mereka di Instagram story.

Salah satu wahana yang mereka naiki yakni rollercoaster. Keduanya tampak duduk bersebelahan. Sule pun sesekali melontarkan candaan kepada Naomi Zaskia.

"Heh apa tuh," kata Naomi Zaskia. "Kita mau ke Sukabumi," kata Sule yang disambut tawa Naomi Zaskia

"Ke Sukabumi naik rollercoaster," kata Naomi Zaskia.

 

Reaksi Warganet

Kebersamaan Sule dan Naomi Zaskia (Instagram Stories)

Sule dan Naomi Zaskia yang tertangkap kamera jalan bersama tersebar di dunia maya. Bahkan salah satu akun gosip pun turut mengunggah video kebersamaan mereka. Video Sule dan Naomi Zaskia pun mendapat beragam komentar dari warganet.

"Kang sule seleranya daun muda," tulis akun @mina.wariska.

"Cieeee bang Suleee dapet brondong," tulis akun @yuniadiana.

"Mantap nih @naonomnom @ferdinan_sule tinggal@tunggu tgl nya aja wkwk," tulis akun @yudisjr95. (Merdeka.com/ Dian Rosadi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkah Gemes Cucu Menteri Susi Pudjiastuti Marahi Orang yang Buang Sampah di Laut

Posted: 18 Apr 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang nggak kenal dengan Susi Pudjiastuti? Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja ini pastinya sudah tak asing untuk didengar namanya. Bukan rahasia lagi kalau Menteri Susi memiliki anak perempuan cantik yang sempat membuat heboh warganet. Namun, jarang orang yang tau kalau Menteri Susi juga sudah punya cucu yang lucu dan bikin gemes.

Melalui akun Instagram pribadinya, menteri yang identik dengan kata 'tenggelamkan' ini berbagi foto kedekatan anak dan cucunya. Menariknya selain menikmati keindahannya pantai dan laut pada anak cucunya, Susi Pudjiastuti juga mengajarkan untuk memperhatikan lingkungan terutama sampah plastik yang banyak ada di laut kepada anak cucunya.

Seperti yang diunggah dalam akun Instagramnya, @susipudjiastuti115 ia berbagi potret cucunya yang marah-marah karena banyaknya sampah plastik yang ia temui di pantai. "Buang sampah jangan dilaut ha, ini siapa yang buang sampah? Ayo siapa yoooo, buang sampah jangan di laut" ujar cucunya.

Tak ayal dalam postingan tersebut Menteri Susi menuliskan caption kalau ia bangga dengan cucunya tersebut. "Bangganya saya dengan cucuku" ujar Menteri Susi dalam unggahannya.

Berikut Liputan6.com rangkum kedekatan Susi Pudjiastuti dengan cucunya yang sedari kecil sudah diajarkan untuk memperhatikan lingkungan laut, Jumat (19/4/2019).

1. Cucu Menteri Susi marah-marah.

View this post on Instagram

Bangganya saya dengan cucuku

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

2. Sedari kecil Menteri Susi sudah mengajarkan untuk mencintai laut kepada cucunya.

3. Tidak hanya itu, ia juga menjadikan laut tempat bermain yang menyenangkan bagi cucunya.

View this post on Instagram

Laut adalah tempat bermain yg menyenangkan 😁

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

5. Menteri Susi dan cucunya berlibur menikmati laut yang bersih.

View this post on Instagram

Menikmati keindahan Selat Bali 🇮🇩

A post shared by Susi Pudjiastuti (@susipudjiastuti115) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ade Fitrie Kirana Ingin Pemilu Jadi Awal Perubahan yang Baik

Posted: 18 Apr 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung 17 April 2019 lalu, dianggap Ade Fitrie Kirana sebagai awal dari sejarah baru Indonesia.

Untuk pertama kalinya, kata Ade Fitrie Kirana, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden digelar berbarengan dengan pemilihan anggota legislatif.

Bintang sinetron Islam KTP SCTV ini kemudian berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pihak terkait meneruskan sejarah baru tersebut dengan mengawal proses pemilu dengan baik.

"Integritas penyelenggaraan pada semua tahapan Pemilu menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh penyelenggara Pemilu yakni KPU dan Bawaslu. Kedua lembaga ini memiliki peran dan tanggung jawab strategis sekaligus jadi harapan rakyat untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang memiliki integritas moral yang baik," kata Ade Fitrie Kirana melalui sambungan telepon di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Pemilihan Demokratis Belum Cukup

Ade Fitrie Kirana

Pemilu, diungkapkan Ade Fitrie Kirana, tak cukup hanya sekedar menampilkan keberhasilan dari sisi demokratis. Tapi juga harus mengedepankan sisi integritas.

"Mengesampingkan bahkan meniadakan unsur-unsur integritas dalam mekanisme Pemilu mengakibatkan pejabat publik terpilih tidak sesuai dengan harapan masyarakat. Mengapa demikian, karena saya meyakini bahwa terpilihnya pemimpin dan wakil rakyat nantinya akan berpengaruh kepada siapa yang terpilih ke depannya," tutur perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua PUAN Partai Amanat Nasional (PAN) Jakarta Selatan ini.

Perubahan yang Baik

Dia melanjutkan, Pemilu berintegritas harus digaungkan ke berbagai lapisan masyarakat agar masing-masing pendukung pasangan calon bisa memahami lalu menciptakan lingkungan Pemilu yang kondusif.

"Kita harus sama-sama yakini bahwa melalui Pemilu bisa membawa perubahan yang baik, masyarakat menaruh harapan yang besar terhadap Pemilu ini, berharap dengan pemimpin yang baru masyarakat akan menjadi sejahtera, pendidikan serta keamanan bisa terjamin, masyarakat menjadi pintar dan cerdas dan sejumlah harapan lainnya bisa diwujudkan," dia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Uang Aman saat Long Weekend? Lakukan 5 Hal Ini

Posted: 18 Apr 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Wafat Isa Almasih yang jatuh pada hari Jumat (19/4/2019) membuat libur akhir pekan minggu ini menjadi lebih panjang dari biasanya (long weekend).

Ini saat yang tepat bagi setiap orang untuk berlibur. Namun tetap perhatikan selalu jumlah pengeluaran jika tak ingin usai liburan dompet Anda menangis.

Untuk ini, berikut ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga uang tetap aman semasa liburan panjang. Mau tahu apa sajakah itu? Penasaran?

Dilansir dari laman Stuff, berikut beberapa tips untuk menjaga uang Anda aman selama libur panjang:

1. Sesuaikan Destinasi dengan Bujet

Jangan terlalu muluk-muluk untuk memilih destinasi berlibur Anda. Sesuaikan destinasi dengan uang yang Anda miliki. Jangan berpikir berlibur harus ditempat yang mahal, banyak tempat wisata yang murah namun tetap menawan.

 

2. Jangan Malu untuk Gunakan Voucher Diskon yang Anda Miliki

Lazada resmi luncurkan kampanye 11.11 untuk sambut HARBOLNAS sebentar lagi. (Foto ilustrasi: pixabay.com)

Jika saat liburan Anda memiliki voucher potongan harga atau bahkan promo yang banyak, maka jangan ragu untuk menggunakan vocher tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan promo menarik agar uang Anda tetap terjaga.

3. Ajaklah Teman agar Irit

Jika Anda ingin berlibur keluar kota, ajaklah teman. Selain liburan menjadi menarik dan tidak sepi, Anda juga dapat membagi jumlah pengeluaran akomodasi dan transportasi agar lebih irit. Jangan ragu untuk mengajak teman Anda untuk patungan. Dengan ini, liburan Anda mengasyikkan dan uang didompet menjadi aman.

 

4. Gunakan Transportasi Umum

Ilustrasi transportasi umum di Seoul, Korea Selatan. (dok. unsplash.com/reporterpark)

Jika Anda berlibur namun tidak membawa kendaraan pribadi maka gunakanlah kendaraan umum dibanding taksi konvensional atau online. Ini akan jauh lebih menghemat pengeluaran Anda semasa liburan. Namun, jika lokasi yang akan Anda tuju tidak terlalu jauh dari penginapan maka cobalah berjalan kaki, selain hemat Anda juga akan sehat.

5. Cari Makan dan Minuman Spesial Namun Murah

Jika Anda berlibur ke luar kota, maka cobalah cari makanan khas dari kota tersebut. Ingatlah untuk selalu mencari yang termurah namun tetap enak. Untuk itu, Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu melalui internet atau bahkan menanyakan pada penduduk setempat sebelum Anda pergi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Investasi Mobil Mewah ala Crazy Rich Priok

Posted: 18 Apr 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mobil jarang sekali dianggap sebagai barang investasi. Mobil biasa saja bisa mengalami depresiasi harga yang signifikan, lalu bagaimana dengan mobil mewah?

Rupanya, kalau ingin berinvestasi pada mobil mewah ada triknya lho. Ahmad Sahroni yang dikenal sebagai Crazy Rich Priok, punya trik khusus.

Pada vlog Deddy Corbuzier yang diunggah ke channel Youtube-nya, Sahroni si Presiden Ferrari itu bilang, beli mobil harus punya spesifikasi yang limited.

"Mobil juga spesifikasi yang limited, kayak sekarang gue pake, Ferrari 458 speciale, yang notabene adalah barang terbatas, dan produksinya di pabrik terbatas, maka dia punya value beberapa ," ujar Sahroni saat ditanya Deddy.

Dia mengaku, Ferrari 458 Speciale miliknya itu seharga Rp 11 miliar saat awal dia beli. Tapi karena barang limited edition dan sedang banyak yang mencari, maka harganya mobil mewah tersebut melonjak jadi Rp 13 miliar.

 

Selanjutnya

Sahroni juga memiliki mobil-mobil mewah edisi terbatas lain. Si Crazy Rich Priok ini juga mengaku sengaja membeli mobil yang memiliki value tinggi. Karena memang tujuannya untuk investasi.

Selain Ferrari 458 Speciale, dia juga mengaku memiliki 360 Spider. "Dulu beli seken tahun 2001 harganya Rp 1,1 miliar, sekarang jadi Rp 3,6 miliar," katanya.

 

Selanjutnya

Trik itu bisa membuat pemiliknya untung memakai mobil dan juga untung uang. Sahroni juga mencontohkan mobil-mobil klasik tahun 70-an yang kini harganya tembus miliaran.

"Nilai investasi itu jangan dianggap kemewahan, tapi value," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menengok Ruang Tahanan Pangeran Diponegoro di Batavia

Posted: 18 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama puluhan tahun dibuka, tidak ada yang menyangka bila Museum Sejarah Jakarta, yang dulu dikenal dengan Museum Fatahillah ternyata pernah menahan Pangeran Diponegoro, pemimpin perang yang membuat Belanda rugi besar. 

Puluhan anak tangga menyambut saat hendak menuju ruang tahanan Diponegoro yang berada di lantai 2 Museum Sejarah Jakarta. Gerah, kesan pertama Liputan6.com saat menyambangi ruangan bercat putih pada Rabu, 17 April 2019.

Di dalam ruang seluas kira-kira 4x5 meter persegi itu, Pangeran Diponegoro tinggal selama 26 hari menunggu putusan Dewan Pengadilan Belanda. Keputusan akhir pengadilan saat itu memvonis Diponegoro dibuang hingga ke Sulawesi, tepatnya di Makassar.

Terdapat replika dipan kayu, mirip dengan tempat berbaring sang pangeran untuk beristirahat. Pada dipan terdapat kayu yang dibuat sebagai tiang untuk menyematkan kelambu. Di atas dipan tak ada matras, hanya terdapat tikar dari daun pandan sebagai alas.

Di sampingnya, terdapat meja dan dua bangku yang digunakan Diponegoro saat itu untuk menulis. Di atasnya pun dipamerkan kopian dari tulisan asli Diponegoro berupa surat yang ditulis untuk istri dan anak tertuanya.

 

 

 

 

 

Lukisan Sang Pangeran

Sketsa Pangeran Diponegoro yang dilukis oleh A.J Bik di Museum Sejarah Jakarta (dok. Liputan6/Fairuz Fildzah)

Dalam ruangan tersebut dipamerkan lukisan-lukisan yang berhubungan dengan Diponegoro. Seperti lukisan Diponegoro saat ditangkap oleh Jenderal Hendrik Markus de Kock karya Raden Saleh yang dibuat pada 1857. Ada pula sketsa lukisan Diponegoro yang dilukis oleh A.J Bik yang aslinya ada di Museum Rijks, Amsterdam.

Ada pula peta perjalanan Diponegoro dari ditangkap hingga dibuang ke Makassar. Terdapat replika batik yang digunakan Diponegoro pada saat Perang Jawa yang berada di balik kaca. Uang kertas pecahan Rp 1 ribu, Rp 100, dan logam dengan gambar Pengeran Diponegoro pun bertengger di balik pigura.

"Pengorbanan Diponegoro masih bergaung. Ratu adil masih dibutuhkan. Ini adalah satu sosok yang patut diperingati, patut dihormati," ujar cerita Peter Carey, sejarawan asal Inggris yang meneliti tentang Diponegoro dan Perang Jawa, dikutip dari video TedxTalk, Kamis, 18 April 2019.

 

Tragedi Diponegoro

Sebuah meja milik Pangeran Diponegoro di  Kamar Diponegoro, Museum Sejarah, Jakarta, Senin (1/4). Kamar Diponegoro adalah salah satu ruangan yang digunakan pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro (1785-1855) selama 26 hari penahanan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Salah satu bayi yang lahir pada 17 November 1785 bernama Diponegoro tak disangka akan menjadi sang Ratu Adil. Saat bayi, ia dipertemukan dengan Pangeran Mangkubumi, sultan pertama Kerajaan Yogyakarta. Ramalannya mengenai masa depan Diponegoro pun ditunggu dunia. 

"Anak ini akan membawa lebih banyak rusak pada Belanda daripada saya pada Perang Giyanti tapi hanya Tuhan yang tahu," kata Peter.

Diponegoro menjadi pemimpin pada Perang Jawa setelah bertahun-tahun dari ramalan Pangeran Mangkubumi. Masa itu menjadi masa yang kelam bagi masyarakat Jawa. Perang selama 1925-1850 menelan korban hingga 200 ribu jiwa.

Setelah berjuang mati-matian melawan Belanda dalam Perang Jawa, pada 5 April 1830, Diponegoro ditangkap dan dibawa dengan kapal SS van der Capellen dari Magelang ke Batavia. Ia diadili oleh Dewan Pengadilan Belanda di pusat kota Batavia. Putusan itumembuat Diponegoro dibuang hingga ke Makassar.

"Keluarganya menderita. Uangnya habis. Padahal, ia merupakan pengeran terkaya di Jogja. Semuanya dikorbankan. Beratus tahun hingga merdeka, keluarganya tetap menderita, bahkan dicap G30S," cerita Peter. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:(lip6 Siang) Patung-Diponegoro]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Jenis Kue Terenak di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Posted: 18 Apr 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kuliner Indonesia tak henti-hentinya merambah dunia internasional. Setelah rendang yang diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia, sekarang jenis kue lapis legit juga telah diakui kelezatannya.

Kue tentunya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Makanan yang biasanya memiliki cita rasa manis ini memiliki daya tarik tersendiri dengan berbagai macam variasi.

 

Tentu saja di setiap negara memiliki berbagai macam kue dengan kelezatan dan bentuk yang berbeda-beda. Variasi tersebut menjadi ciri khas masing masing kue yang dimiliki oleh berbagai negara. Namun, diantara ragam kue yang ada, ada beberapa jenis yang diakui sebagai kue yang terenak di dunia. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/4/2019) jenis kue terenak di dunia.

Tiramisu dan Black Forest

Tiramisu. foto: heavenly tiramisu

1. Tiramisu dari Italia

Kuliner Italia memang sudah terkenal kemana-mana. Selain pasta dan pizza, kamu juga pasti sudah mengetahui tiramisu. Tiramisu juga sudah sangat terkenal di Indonesia.

Tiramisu merupakan kue coklat yang mengandung kafein sebagai hidangan pencuci mulut. Di Italia sendiri, hampir semua toko kue pasti menyajikan tiramisu.

2. Black forest dari Jerman

Nama resmi dari black forest adalah Schwarzwakder kirschtorte, tetapi seluruh dunia lebih mengenal kue ini dengan sebutan Black forest. Kue yang terbuat dari potongan kue cokelat, krim yang melimpah dan dihias dengan buah ceri di atasnya ini berasal dari Jerman.

Di Jerman, black forest dibuat dengan menambahkan setengah cangkir brandy ceri. Oleh karena itu, black forest yang asli umumnya mengandung alkohol.

Cheesecake dan Lamington

Cheesecake | unsplash.com

3. Cheesecake dari Amerika Serikat

Sekarang Cheesecake memang sedang populer di Indonesia. Kelezatan dari jenis kue yang memiliki bahan utama keju ini tentunya membuat semua orang ketagihan.

Teksturnya yang lembut dan dan rasa keju yang manis membuat jenis kue ini menjadi favorit hidangan penutup dimana-mana.

4. Lamington dari Australia

Kue klasik ini dinamai seperti mantan gubernur Queensland Lord Lamington. Kue ini dulunya terdiri dari sponge cake lembut yang dilapisi selai, cokelat, dan parutan kelapa. Sekarang kue Lamington ini memiliki beragam isian seperti raspberry yang menambah kelezatannya.

Pavlova dan Pandan Cake

Pavlova Cake (Sumber: Pixabay)

5. Pavlova dari Selandia Baru

Kue ini terbuat dari adonan putih telur yang dikocok hingga mengembang dengan gula. Lalu disajikan dengan krim dan buah buahan segar di atasnya. Nama Pavlova diambil dari nama seorang ballerina paling terkenal di dunia yang berasal dari Rusia yaitu Anna Pavlova. Kue ini sangat terkenal di Selandia Baru dan Australia.

6. Pandan Cake dari Malaysia/Singapura

Siapa yang tidak tahu dengan kue pandan? Di Indonesia kue pandan ini sudah menjadi hal yang sangat umum dan mudah ditemukan dimana-mana. Kue yang ternyata berasal dari dua negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura ini bahkan seringkali ada di pesta pesta di Indonesia.

Dengan warna hijau yang cantik khas daun pandan, kue yang bertekstur lembut ini juga memberikan aroma pandan yang menenangkan. Cocok untuk segala usia dengan rasanya yang sederhana.

Victoria Sponge dan Lapis Legit

Kue Lapis Legit. foto: sweett samsations

7. Victoria Sponge dari Inggris

Kue yang dinamai seperti Ratu Victoria ini merupakan jajanan khas untuk minum teh sore di Inggris. Budaya ini merupakan kebiasaan yang dilakukan Ratu Victoria ketika minum teh di sore hari dengan kue bolu dan pada akhirnya menjadi budaya yang populer di Inggris. Biasanya keu ini disajikan bersama olesan selai raspberry dan krim. Kue ini akhirnya diberi nama Victoria Sponge.

8. Lapis Legit dari Indonesia

Jenis kue terenak satu ini merupakan kue yang berasal dari Indonesia, yaitu lapis legit. Kue hasil campuran kuning telur, mentega, gula dan tepung ini dibuat berlapis-lapis sesuai dengan namanya dan setiap lapisannya memiliki warna yang berbeda-beda.

Lapis legit merupakan perpaduan kultur Indonesia dengan budaya Belanda. Tentunya dengan rempah khas Indonesia, menjadikan jenis kue satu ini menjadi salah satu kue terenak di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Salat Jumat, Prabowo Salami Pendukungnya

Posted: 18 Apr 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menghadiri syukuran yang digelar di depan kediamannya Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Sebelum acara dimulai, para relawan yang telah menunggu kedatangannya sejak pagi segera berkerumun saat rangkaian mobil Prabowo tiba di lokasi acara.

Tiba pukul 11.30 WIB, Jumat (19/4/2019), sambil mengenakan kopiah hitam dan melempar senyum, Ketua Umum Partai Gerindra itu menyalami para pendukungnya melalui jendela mobil, sebelum masuk ke kediamannya. Tak ada komentar setibanya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Begitu juga saat menuju masjid untuk salat Jumat. Prabowo dijadwalkan melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid At-Taqwa. 

Tak ada komentar apapun dari Prabowo. Dengan iring-iringan ketat mengawal keberangkatan Prabowo menuju masjid.

Sementara para relawan dan pendukungnya melaksanakan salat Jumat di masjid terdekat baik At-Taqwa ataupun Al-Azhar.

Namun, berdasarkan informasi terakhir yang diterima Liputan6.com, Prabowo melaksanakan salat Jumat di Masjid Al-Azhar.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berangkat Salat Jumat, Sandiaga Uno Dijemput Dahnil Anzar Simandjuntak

Posted: 18 Apr 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno melaksanakan salat Jumat di masjid yang berada tak jauh dari rumahnya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sebelum berangkat menuju masjid, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mendatangi rumah Sandiaga di Jalan Pulombangkeng Nomor 5.

Tak lama kemudian, keduanya menumpangi mobil yang sama dan berangkat menuju Masjid At-Taqwa. Prabowo Subianto juga dikabarkan salat Jumat di masjid tersebut.

Sandiaga hanya melambaikan tangan dan tersenyum saat disapa wartawan. Salah satu stafnya mengatakan kondisi Sandiaga saat ini masih belum bugar.

Kehadiran Sandiaga Uno saat deklarasi klaim kemenangan bersama Prabowo banyak disorot, khususnya berkaitan dengan ekspresinya yang datar saat Prabowo berpidato terkait kemenangannya. Kemudian banyak pihak berspekulasi terkait ekspresi Sandiaga tersebut.

Prabowo mengklaim memenangkan kontestasi Pilpres 2019 dengan perolehan suara sekitar 62 persen. Sementara sejumlah lembaga survei berdasarkan hitung cepat menyebut Jokowi-Ma'ruf yang memenangkan Pilpres dengan selisih suara sekitar 10 persen.

 

Reporter: Hary Ariyanti

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ulama Ajak Masyarakat Kembali Bersatu Setelah Pemilu 2019

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Banda Aceh - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Tgk H Faisal Ali mengajak masyarakat untuk kembali bersatu setelah sempat berbeda pilihan politik pada Pemilu 2019.

"Perbedaan dalam urusan politik adalah hal yang wajar. Politik memang harus berbeda. Tapi, setelah ini mari kembali bersatu," ajak Tgk H Faisal Ali di Banda Aceh, Jumat (19/4/2019) seperti dilansir Antara.

Pimpinan Dayah Mahyal Ulum Al-Aziziyah Sibreh, Aceh Besar, meminta jangan ada lagi perbedaan. Perbedaan tersebut harus dibuang dan kembali bersatu untuk membangun bangsa dan negara.

"Mari sama-sama menatap masa depan Aceh dengan damai dan aman. Kalau masih berbeda, maka akan sulit membangun Indonesia, khususnya Aceh," kata Faisal.

Dia juga mengingatkan masyarakat terutama pendukung pasangan calon maupun calon anggota legislatif agar tidak menyambut hasil Pemilu 2019 dengan tindakan yang berlebihan.

"Baik yang terpilih maupun tidak, sambutlah hasil pemilu ini dengan tindakan biasa-biasa saja. Siapa saja yang terpilih sudah ditentukan Allah SWT," ungkap Faisal.

Kepada calon dan pasangan calon yang merasa sudah terpilih, harus diingat bahwa kemenangan pada Pemilu 2019 ini merupakan amanah rakyat. Amanah ini harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan.

"Bagi yang belum terpilih, kami ingatkan agar menerima kekalahan dengan lapang dada serta jangan sampai patah semangat dan putus asa. Perbanyak ibadah, berzikir serta membaca Alquran," kata Faisal Ali.

 

Tak Toleransi Tindakan Inkonstitusional

Massa GJI membentangkan bendera Merah Putih raksasa saat menggelar aksi menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencabut izin penyelanggaraan Reuni 212 di depan Balai Kota, Jakarta, Kamis (29/11). (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan TNI-Polri siap menjaga stabilitas keamanan NKRI usai Pemilu 2019. Dia pun mengatakan, TNI-Polri tidak akan menoleransi tindakan inkonstitusional.

"Kami, tidak akan mentoleransi dan akan menindak tegas upaya yang akan mengganggu ketertiban, serta aksi-aksi inskonstitusional dan merusak proses demokrasi. NKRI harga mati," kata Hadi dalam konferensi pers TNI-Polri bersama Kapolri tentang Pemilu 2019, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Senada, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, mengimbau seluruh pihak untuk tidak memobilisasi massa. Baik mobilisasi untuk merayakan kemenangan maupun karena ketidakpuasan terhadap pemilu.

"Kemarin juga ada di HI, kita bubarkan. Ada dua (pendukung) pasangan yang mobilisasi, dua-duanya kita bubarkan," ungkap Tito.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Atraksi Wisata Paling Berbahaya di Dunia, Ada Indonesia

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tempat-tempat yang memicu adrenalin selalu menjadi tujuan bagi mereka yang suka menantang bahaya. Jika demikian, mengapa tidak mencoba tempat-tempat berikut ini?

Melansir dari Travlewaits, berikut ini 6 atraksi wisata paling berbahaya di dunia.

1. Erta Ale Volcano, Ethiopia

Ini adalah salah satu pemandangan paling dramatis di bumi: gunung berapi bercahaya dengan danau lava. Belum lagi medan yang terjal, guncangan gempa bumi kecil, dan asap vulkanik.

Bila ingin ke sana, Anda harus melakukan pendakian menanjak sejauh 14 kilometer di atas batu lava yang tajam dan bergerigi serta panas. Ini adalah perjalanan yang brutal dan berbahaya tapi menakjubkan. Tanpa persiapan yang matang, Anda tak akan bisa menaklukkan medannya.

2. Taman Nasional Death Valley, Amerika Serikat

Taman nasional yang sangat indah ini adalah impian fotografer: formasi batu berwarna-warni, langit malam yang jernih, dan bisa melihat bunga liar paling indah. Di sini juga terdapat pondok, kolam renang, dan layanan teh.

Tapi, cuaca di sana bisa menipu. Tiap tahun, turis tewas karena kepanasan. Medannya juga menantang dan jalurnya terisolasi.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

3. Gunung Berapi Sinabung, Indonesia

Doc: Unplash.com/@yoshginsu

Salah satu tujuan wisata paling populer di dunia ini sesungguhnya juga merupakan ancaman besar. Sejak 2010, gunung ini telah meletus setidaknya 5 kali.

Abu dan lavanya menghancurkan desa dan mengancam pariwisata, sumber pendapatan bagi penduduk. Asap dan awan vulkanisnya yang mematikan di sisi lain malah menjadi tantangan yang berbahaya dan mematikan bagi turis.

4. Lembah Kematian, Rusia

Sekilas, Lembah Kematian di Rusia tampakanya tak memiliki banyak kesamaan dengan Taman Nasional Death Valley. Topografi, zona iklim, serta negaranya beda.

Tapi, lembah ini juga mematikan dengan gas beracun yang bisa membunuh tanaman. Toh turis tetap merasa tertantang datang ke sini.

 

5. The Cliffs of Moher, Irlandia

Doc: Unplash.com/@kkiernan

Dengan tebing yang menakjubkan, pemandangan tak berujung Samudera Atlantik, dan ladang hijau yang sempurna, tempat ini menjadi salah satu destinasi paling menawan di Irlandia.

Sayang, bila tak berhati-hati, tempat ini bisa mematikan. Kombinasi angin kencang, medan berkabut, dan pijakan tak ratanya berpotensi mematikan.

6. New Smyrna Beach, Amerika Serikat

Ancaman serangan hiu biasanya jarang terjadi, tapi tidak di sini. Dengan 250 serangan hiu yang tercatat sepanjang sejarah, pantai cantik ini punya rekor serangan hiu.

Penjelasannya, hiu muda di daerah itu tak cukup pintar membedakan manusia dengan mangsa mereka. Untungnya, sebagian besar serangan di sini tak berakibat kematian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Sendawa dengan Cegukan yang Dialami Sandiaga Uno

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno beristirahat total di rumahnya sejak 17 April 2019 malam karena cegukan. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu diminta untuk beristirahat hingga dua hari ke depan agar kondisinya kembali bugar.

Menurut Anggota Media dan Komunikasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Yuga Aden, Sandiaga tiba-tiba saja cegukan seharian dan tidak diketahui penyebabnya. Selama cegukan, kondisi Sandiaga makin tidak fit.

Menanggapi soal cegukan yang dialami Sandiaga Uno, dokter spesialis konsultan gastroenterologi Ari Fahrial Syam pernah mengungkapkan, perbedaan cegukan dan sendawa. 

"Cegukan itu refleks. Penyebabnya bisa karena makan terburu-buru. Cegukan dipicu adanya rangsangan dari diafragma (sekat yang membatas toraks--bagian atas tubuh dan perut)," papar Ari sebagaimana dalam tayangan video  "Ayo Hidup Sehat", ditulis Jumat (19/4/2019). 

Adanya rangsangan dalam waktu singkat pada diafragma menimbulkan tekanan ke arah pita suara. Tak ayal, suara cegukan pun timbul secara tiba-tiba.

Beda dengan sendawa

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno saat memberi keterangan kepada awak media di Rumah Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4). Prabowo kembali mendeklarasikan menang Pilpres 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Selain penyebab cegukan karena makan terburu-buru, konsumsi minuman bersoda secara cepat dalam waktu singkat juga memicu tekanan pada diafragma. Ini menimbulkan cegukan.

"Saat cegukan, kita suka bilang minum air putih saja. Nah, itu maksudnya biar cegukan hilang. Tekanan pada diafrgama supaya menurun," lanjut Ari yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Cegukan tidak bisa dikendalikan karena refleks tekanan diafragma. Berbeda dengan sendawa. 

"Kalau sendawa itu terjadi karena lambung banyak gas. Gas dari lambung mesti dikeluarkan, makanya timbul sendawa.

Sendawa adalah pelepasan gas dari dalam perut keluar lewat kerongkongan. Kondisi biasanya terjadi saat kita kenyang setelah makan. Perut yang bekerja mencerna makanan akan menghasilkan gas. 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guardiola Belum Juga Dapatkan Trofi Liga Champions Meski Habiskan Rp 12 Triliun

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester- Josep Guardiola belum juga bisa memecahkan kutukan belum dapatkan trofi Liga Champions sejak tinggalkan Barcelona di 2012. Meski sudah belanja pemain sebesar 812 juta euro atau sekitar Rp 12,8 Triliun di Manchester City dan Bayern Munchen, pelatih berkepala plontos ini belum juga dapatkan trofi si Kuping Besar.

Kegagalan teranyar Guardiola terjadi saat Manchester City gagal melaju ke semifinal karena kalah produktivitas gol tandang dari Tottenham Hotspur. Meski menang 4-3 atas Spurs dan skor agregat 4-4, Spurs lolos semifinal Liga Champions karena cetak tiga gol di laga tandang.

Meski Guardiola selalu berucap tujuannya ke Manchester City bukan untuk Liga Champions, namun Guardiola tetap saja kehilangan standar. Gelar di Eropa merupakan hal prestisius bagi seorang pelatih apalagi sekaliber Guardiola.

Sejak gabung Manchester City di 2016 lalu, Guardiola sudah habiskan 608 juta euro di bursa transfer. Namun uang sebanyak ini hanya antarkan City sebanyak dua kali ke perempat final dan sekali di 16 besar Liga Champions.

Angka itu bertambah besar jadi 812 juta euro kalau menghitung saat Guardiola melatih Bayern Munchen. Dia juga lagi-lagi gagal memberi trofi Liga Champions.

 

 

Perjalanan Guardiola

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, memastikan Kevin De Bruyne mengalami cedera hamstring. (Adam Davy/PA via AP)

Seperti dilansir Marca, pada tahun pertamanya di Inggris, Guardiola habiskan 213 juta euro untuk membeli John Stones, Ilkay Gundogan dan Gabriel Jesus. Skuat dengan uang sebesar ini belum cukup jadi juara karena City kalah lawan AS Monaco di 16 besar Liga Champions.

Di musim kedua, City keluarkan lebih banyak uang untuk transfer. Guardiola habiskan 317,5 juta euro (Rp 5 Triliun) untuk mendatangkan Bernardo Silva, Ederson, Kyle Walker, Benjamin Mendy, Aymeric Laporte dan Danilo.

Skuat seperti ini tidak jaminan karena City kalah di perempat final Liga Champions lawan Liverpool. Musim ini pengeluaran menciut jadi 67 juta euro karena City hanya memboyong Riyad Mahrez.

Pemilik Manchester City, Mansour bin Zayed Al-Nahyan mungkin sedang kebingungan harus apa lagi untuk membentuk tim Liga Champions. Sejak mengambil alih 2008 lalu, City sudah habiskan 1,66 miliar euro (Rp 26 Triliun) untuk membeli pemain top.

Perjalanan di Munchen

Apa yang terjadi di City juga pernah terjadi di Munchen. Bayern Munchen memboyong pemain berkelas dunia seperti Mario Gotze, Thiago Alcantara, Arturo Vidal, Medhi Benatia dan Douglas Costa.

Munchen hanya mendominasi kompetisi domestik meski mengucurkan 204,4 juta euro untuk beli pemain. Munchen tiga kali kalah di semifinal Liga Champions secara beruntun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trafik Internet Meningkat Selama Pilpres 2019

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Trafik data selama Pilpres 2019, yakni pada 17 April 2019, meningkat ketimbang hari biasanya.

Operator seluler Telkomsel misalnya, mencatat ada trafik layanan data mencapai 18,5 petabyte atau meningkat 16,3 persen dibandingkan di hari normal.

Adapun wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi ada di Sumatera Barat dan Riau yang naik 28 persen. Selanjutnya, wilayah Sulawesi naik 19,5 persen, dan Jawa Barat pun layanan datanya meningkat 18.3 persen.

Sementara itu, untuk layanan suara dan SMS justru mengalami penurunan ketimbang hari normal.

Telkomsel mencatat, layanan suara turun 10 persen menjadi 1,125 miliar menit. Sementara untuk layanan SMS turun 7,8 persen menjadi 482 juta SMS.

GM External Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin mengatakan, dalam Pilpres 2019 yang juga berdekatan dengan momen Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel telah memastikan infrastruktur agar layanan komunikasi berjalan lancar.

Prediksi Perilaku Pelanggan

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

"Kami telah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan. Di mana, layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS. Hal ini seiring dengan meningkatnya masyarakat saat memanfaatkan layanan digital," tuturnya dalam keterangan resmi Telkomsel, Jumat (19/4/2019).

Sekadar informasi, untuk mengantisipasi naiknya trafik layanan selama Pemilu 2019, Telkomsel memperkuat jaringan di seluruh Indonesia.

Bukan hanya itu, operator pelat merah ini mengklaim, telah melakukan optimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik yang terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, TPS, Bawaslu, Kantor Kepolisian dan Militer di seluruh Indonesia.

Trafik Internet Indosat juga Naik

Ilustrasi cara kunci WhatsApp (Sumber:Pixabay)

Sementara itu, operator telko Indosat Ooredoo pun mencatat kenaikan trafik data.

Dalam keterangan resminya, Indosat Ooredoo menyebut, saat pemilu 17 April, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo mengalami kenaikan trafik data menjadi 8.163,57 TeraBytes.

Angka ini memperlihatkan kenaikan trafik data 7,02 persen dibandingkan hari biasa.

Menurut Group Head Corporate Communication Indosat Ooredoo Turina Farouk, media sosial paling banyak dipakai pelanggan adalah YouTube dan WhatsApp dengan kenaikan masing-masing 5,43 persen dan 7,93 persen dibanding hari biasa.

"Daerah atau kota yang tercatat menggunakan trafik data tertinggi berada di Jakarta," tutur Turina.

(Tin/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Ini, Lydia Kandou dan Jamal Mirdad Didoakan Rujuk

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lydia Kandou dan Jamal Mirdad memutuskan berpisah medio 2013 lalu. Bukannya merenggang, hubungan orangtua Naysilla Mirdad dan Nana Mirdad ini justru harmonis meski tak lagi berstatus pasangan suami istri.

Di beberapa kesempatan, wajah Lydia Kandou dan Jamal Mirdad terlihat berada di tengah anak-anak mereka.

Bahkan foto-foto kebersamaan Lydia Kandou dan Jamal Mirdad masih banyak bermunculan di media sosial anak-anaknya.

Baru-baru ini, Lydia Kandou dan Jamal Mirdad kembali bertemu. Sama seperti sebelumnya, pertemuan itu juga melibatkan kemunculan anak-anaknya.

 

 

 

 

 

Berpelukan

Naysilla Mirdad membagikan pertemuan Jamal Mirdad dan Lydia Kandou melalui fitur video Insta Stories di Instagram. Dalam video itu mereka bahkan terlihat bahagia bisa saling bertemu satu sama lain. 

Lydia Kandou dan Jamal Mirdad bahkan berpelukan di depan anak-anaknya. Memperlihatkan jika keduanya masih berhubungan baik hingga kini.

 

Didoakan Rujuk

Naysilla Mirdad mengunggah foto bersama ayah dan ibunya, Jamal Mirdad dan Lydia Kandou, saat merayakan Lebaran bersama (Instagram/@naymirdad)

Video yang diunggah Naysila Mirdad diunggah kembali oleh akun @lambenyinyir. Melihat kebersamaan Jamal Mirdad dan Lydia Kandou, tak sedikit warganet yang berharap keduanya bisa kembali lagi.

"Sepertinya masih saling mencintai, berharap keduanya rujuk walaupun berneda keyakinan tapi hidup sekarang penuh toleransi," tulis akun @f2fpreloved.

"Kenapa ga rujuk aja om dan tante," komentar akun @Shopatalia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Jalan Salib Nusantara Saat Jumat Agung di Gereja Tebet

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4).  Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4). Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4).  Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4). Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4).  Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4). Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4).  Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4). Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4).  Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

Visualisasi jalan salib di gereja ST. Fransiskus Asisi Paroki Tebet, Jakarta,Jumat (19/4). Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat Katolik yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tragedi Hugi, Kisah Matinya Seorang Gelandangan Akibat Calo

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga = Mari berkisah tentang empati dan simpati yang memudar di masyarakat. Apalagi, jika peristiwa pilu menimpa seorang rakyat jelata yang berkebutuhan khusus. Inilah kisah dari Purbalingga, Jawa Tengah.

Peristiwa di Terminal Bobotsari, Purbalingga, Jawa Tengah pada Senin pagi, 15 April 2019 lalu bisa menjadi contoh miskinnya kepedulian pada peradaban saat ini. Seorang 'gelandangan' bernama Hugi Prasetya (39) warga RT 4 RW 3 Desa Purwosari, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas meninggal di sana.

Apa sebab? Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman melalui Kasat Reskrim AKP Willy Budiyanto mengungkapkan, awalnya gelandangan itu hendak naik bus. Saat ditangga bus, seseorang menarik bajunya untuk turun.

Tentu saja, gelandangan bukanlah penumpang. Dia diatrik oleh calo agar tidak ikut naik bus. Dari rekaman cctv terminal, terlihat korban tampak menggenggam erat pegangan pintu.

Calo itu pun tak kalah kuat menarik baju korban. Kalah tenaga, tangan korban terlepas, dia jatuh dari ketinggian tangga. Kepalanya jatuh menghantam aspal hingga sedikit terpantul. Seketika itu juga, korban diam tak bergerak.

"Sekitar empat menit, korban dibiarkan terbaring di aspal, tidak ada warga yang berusaha menolong. Calo juga pergi dari lokasi," ujar Willy pada Selasa, 16 April 2019.

Kemudian, satu unit taxi terlihat masuk ke terminal. Sang supir tidak melihat korban tergeletak di aspal. Kendaraannya menabrak korban hingga terseret sejauh kurang lebih 3 meter.

Lantas siapakah yang menolong? Supir yang bernama Wantori (50) warga Desa Kandangsari, Kecamatan Pekalongan Timur, Kabupaten Pekalongan yang dengan sadar diri membawa korban ke rumah sakit Harapan Ibu Purbalingga.

Simak video menarik berikut :

 

CCTV Jadi Saksi

Anggota Satreskrim Polres Purbalingga tengah meminta keterangan tersangka pelaku penarikan baju di Terminal Bobotsari, Senin (15/4/2019). (foto: Liputan6.com /  galoeh widura)

Polres Purbalingga awalnya menerima laporan tersebut sebagai korban kecelakaan. Alhasil, unit laka lantas yang turun ke lokasi kejadian melakukan olah TKP.

Tetapi, CCTV Terminal Bobotsari mengungkapkan fakta lain sebagaimana kronologi yang diungkapkan oleh Willy. Olah TKP pun diganti oleh unit Sat Reskrim Polres Purbalingga.

"Awalnya identitas korban tidak diketahui karena tidak membawa kartu identitas satu pun. Barang berharganya juga sekedar baju yang melekat," katanya.

Lantas, tim Inafis turun membawa alat pencari identitas dengan sidik jari. Barulah diketahui korban berasal dari Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan keterangan tim medis, korban meninggal karena mengalami gegar otak berat. Diduga, dia telah meninggal sebeluk tertabrak taxi.

"Berdasarkan fakta-fakta tersebut, kami mengamankan pelaku atas nama Abu Jafar. Ada dugaan tindak kriminal dalam kasus ini sehingga akan kami usut susai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Wajah Kasat Reskrim tampak geram saat mengungkapkan kejadian tersebut. Dia meminta agar masyarakat jangan diam ketika peristiwa malang menimpa orang lain, siapa pun itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Hancurkan TV karena Kecewa Hasil Quick Count

Posted: 18 Apr 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lantaran kecewa hasil quick count, seorang pria nekat menghancurkan televisi dan membuangnya ke halaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Sujud Syukur Klaim Kemenangan, Prabowo Salat Jumat di Masjid At-Taqwa

Posted: 18 Apr 2019 09:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan salat Jumat di Masjid At-Taqwa, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Tim Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

"Bapak Prabowo salat di Masjid At-Taqwa, setelah itu ikut syukuran dan doa bersama di Kertanegara," kata Tim Media 02, Adam, kepada awak pers di Rumah Pemenangan Prabowo-Sandiaga, Kertanegara, Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Pantauan Liputan6.com, pukul 11.30 WIB, Prabowo belum terlihat hadir. Menurut penjaga Rumah Kertanegera, Prabowo juga belum tiba dan masih dalam perjalanan dari kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Situasi di Rumah Kertanegara sendiri saat ini sudah penuh dengan massa pendukung Prabowo-Sandiaga. Mereka datang untuk ikut syukuran atas klaim kemenangan sepihak yang diproklamirkan Prabowo semalam.

"Mau ikut sujud syukur bersama," kata Rohman seorang warga yang mengaku asal Depok di Rumah Kertangera, Kebayoran Baru, Jakarta.

Jarak Rumah Kertanegara dan Masjid At-Taqwa tidak terlalu jauh. Tidak sampai 1 km dan masih berada di kompleks yang sama. Masjid besar berwarna putih ini bisa terlihat jelas dari rumah Prabowo di Kertanegara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Mobil Camry Tabrak Lari Belasan Orang di Tendean

Posted: 18 Apr 2019 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengamankan pengemudi mobil Camry yang tabrak lari belasan orang di Tendean, Jakarta Selatan, bernama Denny Supardi (36). Polisi mengungkapkan, pelaku menabrak pengguna jalan di lima titik pada Kamis 18 April 2019 malam.

"Pelaku melaku melakukan tabrak lari di lima titik," kata Kasubdit Bin Gakum Polda Metro Jaya AKBP M Nasir di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Dia menjelaskan, saat itu, pelaku tengah membawa mobil Camry dengan nomor polisi B 1185 TOD, dan pertama kali menabrak pengguna jalan di Jalan Rasuna Said.

"Tempat kejadian pertama di Jalan Rasuna Said, sebelum underpass arah ke Buncit, Setiabudi, Jaksel sekitar 19.00 WIB. Korban Mercy B 811 QQ dengan pengemudi bernama Marno. Korban tidak alami luka," ujar Nasir.

TKP kedua terjadi di Jalan Minangkabau arah Manggarai, Tebet Jaksel, pada pukul 19.16 WIB.

"Korban sepeda motor Yamaha XRide nomor B 3869 UHJ. Pengemudi Sandi Sutami. Korban luka ringan. Kedua lutut kaki luka memar, telapak tangan luka, pinggang memar," ungkap Nasir.

Lalu TKP 3 terjadi di Jalan Minangkabau arah Manggarai, Tebet, Jaksel pada pukul 19.30 WIB. Kali ini pelaku menabrak sepeda motor Yamaha PCX Putih B 4787 TVY.

"Korban pemotor bernama Iwan alami luka ringan. Siku tangan lecet. Bibir memar. Kedua kaki luka lecet. Yang dibonceng korban nama Hani. Sama luka ringan. Bahu kanan luka memar. Kaki kanan luka memar, kepala benturan aspal. Lalu TKP 4 terjadi di Jalan Saharjo depan Akabri Nenteng Wadas Setiabudi Jaksel. Pada pukul 20.00 WIB. Di TKP ini ada empat korban," beber Nasir.

"Pertama motor B 3151 KEZ pengemudi Moh Erlan syamur. Yang dibonceng bernama Fitriah. Korban Luka. Pergelangan tangan kanan patah. Paha kanan luka robek. Telapak kaki kanan lecet," sambung dia.

Tak hanya itu, pelaku kembali menabrak di Jalan Masjid Arahman arah ke Minangkabau pada pukul 20.00 WIB, korban Sepeda motor Suzuki Adres B 4776 SBR.

"Pengemudi Salsabila Hanifa. Luka ringan. Pinggul kanan sampat ke kaki luka terseret. Siku kanan luka terbuka. Lutut kanan luka. Tapak jari kiri luka. Yang dibonceng nama Fani Luka ringan di pinggul belakang," ujar Nasir.

 

Diduga Mabuk

Sebuah mobil sedan Toyota Camry warna hitam berplat nomor B 1185 TOD rusak akibat diamuk warga di kawasan Saharjo, Jakarta, Kamis (18/4). Warga mengamuk karena diduga pengemudi menabrak belasan pengendara sepeda motor dan mobil dari Jalan Tendean hingga Jalan Saharjo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebuah mobil Toyota Camry menabrak belasan orang di Tendean, Jakarta Selatan. Pengemudi mobil kemudian diamuk massa usai tabrak lari Kamis 18 April 2019.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya lalu mengamankan pengemudi bernama bernama Denny Supardi (36). 

Berdasarkan hasil pemeriksaan, polisi menduga pelaku membawa kendaraan dalam pengaruh minuman keras. "Patut diduga pengaruh minuman beralkohol," kata Kasubdit Bin Gakum Polda Metro Jaya AKBP M Nasir di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Oleh karena itu, polisi menyangkakan Pasal 312 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kepada pengemudi Camry yang tabrak belasan orang di Tendean. Pasal tersebut mengatur soal tindak pidana tabrak lari.

"elaku kita kenakan Pasal 312 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 dengan ancaman hukuman luka berat 10 tahun (penjara)," ujar Nasir.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Kenangan Netizen Saat Pakai BBM Ini Bikin Nostalgia

Posted: 18 Apr 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu apliksai chat yang digemari anak zaman dahulu ialah Blackberry Messanger atau yang sering disingkat BBM. Awal mula BBM ini hanya bisa dinikmati di smartphone Blackberry saja. Namun seiring berjalannya waktu, BBM juga mulai ada di Android dan perangkat lainnya.

Perkembangan pesat android yang mulai banyak applikasi chat, membuat BBM memiliki banyak kompetitor. Meski sudah banyak fitur canggih di BBM, tapi tetap saja kompetitor apps chat juga jauh lebih berkembang.

Hasilnya kini BBM mulai ditinggalkan anak zaman milenial. Bahkan melalui pesan resmi BBM menyebutkan bahwa pada tanggal 31 Mei 2019, layanan BBM sudah tidak bisa digunakan lagi. Padahal BBM sudah banyak mewarnai chat zaman dahulu dengan banyak fitur canggih di dalamnya.

Berikut ini Liputan6.com, Jumat (19/4/2019) rangkum 6 kenangan yang ada di BBM ala netizen di media sosial Twitter.

1. PING!

bbm (sumber: twitter.com/_megsi)

Kerinduan anak zaman dahulu terhadap BBM ialah adanya fitur PING!. Seperti diketahui PING! ini difungsikan untuk follow up lawan chat apabila lama membalas. Bahkan sampai sekarang entah memakai apps chat apa, masih dipakai secara manual tulisan PING! untuk follow up lawan chat.

2. Emoji

bbm (sumber: twitter.com/ulsnt_a)

BBM memang sangat seru pada zamannya. Chat seakan-akan begitu hidup ketika memakai BBM dulu. Salah satu fitur yang tidak bakal terlupakan anak zaman dahulu ialah fitur emoji di BBM. Dengan adanya emoji, chat menjadi lebih menarik.

3. Menawarkan diri lewat status

bbm (sumber: twitter.com/misbahmohamad1)

Pengguna BBM zaman dahulu memang banyak sekali tingkahnya. Salah satu uniknya BBM ialah dengan bisa update status yang bisa dilihat oleh circle pertemanan kamu di BBM. Dan yang membuat rindu ialah menawarkan diri seperti gambar di atas. Dengan pedenya netizen di atas menulis di status BBM 'Berani PING! kita jadian'. Ya mungkin saja ada yang mau jadian sama dia, siapa tahu.

4. Broadcast Pesan

bbm (sumber: twitter.com/didaa4_)

Salah satu fitur canggih yang akan membuat rindu akan BBM ialah fitur broadcast. Fitur broadcast ini dulunya sangat penting digunakan untuk share ke semua circle pertemanan BBM untuk menginfokan sesuatu. Biasanya yang paling populer ialah pesan broadcast PIN BBM teman hingga broadcast sesuatu yang memuat informasi seperti ucapan hari raya.

5. Tanda R

bbm (sumber: twitter.com/nyikk18)

Banyak sekali yang dilema dengan adanya fitur huruf R, D, dan gambar jam. R artinya read, D artinya delivery dan gambar jam artinya pending. Dengan adanya fitur ini, akan banyak yang membuat galau semisal pesan kamu hanya di R saja. Bahkan hanya gara-gara tanda R, D dan gambar jam akan membuat pengguna BBM bisa emosi dengan lawan chatnya.

6. Twitter For Blackberry

bbm (sumber: twitter.com/kallonx_agoes)

Dulu memakai Blackberry sangatlah membanggakan. Hal itu juga menular pada Twitter. Apabila saat update cuitan, ada tanda Twitter For Blackberry, maka kebanggaan itu akan muncul. Seolah-olah kamu sudah memakai teknologi terkini dengan adanya status seperti itu.

Itulah 6 hal kenangan tentang apps chat BBM. Hal mana yang membuat kamu rindu BBM?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea vs Slavia Praha: Lolos, Azpilicueta Khawatirkan Pertahanan The Blues

Posted: 18 Apr 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London- Chelsea berhasil lolos ke semifinal Liga Europa usai menang agregat 5-3 atas Slavia Praha. Chelsea segel tiket ke semifinal usai menang 4-3 atas Slavia Praha di leg kedua perempat final Liga Champions di Stamford Bridge, Jumat (19/4/2019).

Kemenangan ini dirasakan bek dan kapten Chelsea, Cesar Azpilicueta sangat menegangkan. Maklum, usai unggul cepat 3-0 hingga menit ke-17, Chelsea sempat dikejutkan gol T Souchek di menit ke-25.

Namun gol Pedro di menit ke-27 sedikit membuat tenang. Meski Petr Sevcik mencetak dua gol tambahan untuk Slavia Praha di babak kedua ke gawang Chelsea.

"Ini kesalahan yang kami kerap lakukan dan kami kebobolan sangat cepat di babak kedua," ujar Azpilicueta seperti dikutip BT Sport.

"Kami unggul 4-1 tapi mereka membuat kami kerepotan dan kami nyaris ambil risiko. Kami menderita hingga pertandingan berakhir."

 

 

Bukan Cara Chelsea

Gelandang Chelsea, Pedro, melakukan selebrasi usai membobol gawang Slavia Praha pada laga leg kedua perempat final Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, Kamis (18/4/2019). Chelsea menang 4-3 atas Slavia Praha. (AP/Matt Dunham)

Azpilicueta mengatakan bukan begini caranya untuk menjuarai Liga Europa. Dia mengatakan segalanya musti sempurna demi gelar.

"Ini bukan cara tepat untuk memenangkan trofi Liga Europa tapi kami tembus semifinal dan semoga bisa terus melaju hingga final," ujarnya.

Pendapat yang sama diungkapkan manajer Chelsea, Maurizio Sarri. Dia mengatakan Chelsea berjuang di awal babak kedua.

Meski begitu, Sarri syukuri keberhasilan Chelsea tembus semifinal Liga Europa. Dia tak sabar menghadapi lawan di semifinal.

"Kami tampil sangat buruk di babak kedua tapi saya sangat bahagia karena kami tampil sangat bagus di babak pertama dan kami ada di semifinal sesuatu yang penting buat kami," katanya.

Lawan Frankfurt

Chelsea bakal menghadapi Eintracht Frankfurt di semifinal Liga Europa. Jadwal semifinal yaitu 1 dan 8 Mei dimana Chelsea akan tandang terlebih dahulu.

Kalau menang lagi, Chelsea berpotensi hadapi Valencia atau Arsenal di final yang akan digelar di Baku pada 29 Mei.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

30 Kata-kata Hikmah Sejukkan Hati, Bisa Bikin Kamu Makin Bersyukur

Posted: 18 Apr 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan tiap orang selalu diliputi suka dan duka. Terkadang seseorang berada di titik bahagianya, namun, kadang pula seseorang berada di titik terendah kehidupannya. Dari tiap perjalanan hidup manusia selalu ada hikmah yang dapat dipetik. 

Hikmah kehidupan tak hanya didapat dari kesulitan yang dihadapi. Saat mendapatkan kehabagiaan pun seseorang dapat memetik hikmah yang ada. Mengambil hikmah dalam tiap jalan kehidupan dapat membuat seseorang selalu merasa bersyukur dengan apa yang dimilikinya.

Kata-kata hikmah sering terlontar agar manusia senantiasa sabar dan bersyukur. Kata-kata hikmah membuat orang mampu terus menjalani kehidupannya dengan mencari hikmah di setiap langkahnya. Jika Anda sedang dalam kesulitan atau kurang merasa besyukur, mungkin kata-kata hikmah cocok untuk memotivasi Anda.

Kata-kata hikmah bisa menyejukkan hati dan pikiran. Dengan begitu, Anda bisa merasakan hidup penuh rasa syukur dan ketenangan. Berikut kata-kata hikmah penyejuk jiwa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis(18/4/2019):

Dalam tiap perjuangan selalu ada hikmah di akhir

Ilustrasi Perjuangan (sumber: iStockphoto)

"Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namu kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup"

"Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebh besar"

"Saat Anda melakukan sesuatu dan gagal, Anda mendapatkan hikmah. Jika tidak melakukan apa apa artinya Anda kalah oleh rasa takut."

"Banyak orang yang tidak bertindak karena takut gagal, padahal tidak bertindak adalah kegagalan yang jelas sudah terjadi."

"Kehidupan adalah serangkaian pelajaran yang harus dialami untuk dimengerti."

"Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara, namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya."

"Perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju tujuan, tapi proses memantaskan diri untuk meraih tujuan."

Ambil hikmah di tiap kesulitan yang ada

"Masalah adalah sebuah anugerah Dimana kita bisa mendapatkan hikmah dan memberikan inspirasi untuk bertindak."

"Perjuangan adalah sesuatu yang dibutuhkan dalam hidup, jika tuhan membiarkan hidup tanpa hambatan dan perjuangan, itu mungkin akan melumpuhkan kita, karena kita akan senantiasa sombong dengan segala kemudahan, hingga akhirnya jatuh dan kalah."

""Musibah yang membuatmu kembali kepada Allah lebih baik dari nikmat yang membuatmu lupa kepada Allah"

"Sesulit apapun masalah yang kita hadapi saat ini, ia bukan sesuatu yang harus dihindari, tetapi harus diselesaikan."

Kata-kata hikmah bijak

Ilustrasi hikmah (sumber: iStockphoto)

"Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keiklasan jika masih merasakan sakit"

"Nikmat sehat akan terasa jika kita pernah sakit. Nikmat harta akan terasa jika kita pernah susah, dan nikmat hidup akan terasa jika kita pernah mendapatkan musibah. Musibah adalah awal dari kenikmatan hidup. Bahagianya hidup dengan manisnya iman dan menjadikan Allah sebagai tujuan hidup".

"Jika hati telah diberikan sepenuh pasrah, maka yang tersisa hanya takdir di ujung kisah."

"Tetaplah berwibawa. Tak angkuh dan tak jumawa. Meski terkadang diri harus kecewa, sebab ia tengah dididik untuk jadi istimewa."

"Hal-hal yang baik datang untuk mereka yang menunggu. Tapi hal yang lebih baik lagi datang kepada mereka yang bergerak untuk mendapatkannya."

Hikmah dari kesabaran

"Kunci kedamaian hidup sebenarnya sederhana ialah dengan menjalaninya, menikmatinya dan mensyukuri setiap perihal yang ada"

"Percayalah pada dirimu sendiri lebih dari siapapun. Jangan biarkan mereka yang membencimu menjadi hambatan untuk kamu terus tumbuh."

"Cobaan adalah cara Tuhan membuat diri kita menjadi pribadi yg lebih sabar dan kuat."

"Masalah, adalah ujian pendewasaan. Tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa."

"Masalah tidak akan menjadi rumit jika kamu bisa menyikapinya dengan sabar dan dengan kelapangan hati."

"Kesabaran adalah akhlak mulia yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan"

Kata-kata Hikmah dari para tokoh

"Hikmah Tuhan menciptakan dunia supaya segala sesuatu yang ada dalam pengetahuan-Nya menjadi tersingkap." - Jalaluddin Rumi

"Salah satu dosa terburuk adalah seseorang yang menganggap remeh dosanya." – Abu Bakar Al-Shiddiq

"Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini."-Ali bin Abi Thalib

"Renungkanlah diri anda, masa lalu, masa kini, dan masa depan anda. Karena pengetahuan yang paling berharga adalah pengetahuan tentang dirinya. Siapa yang berhasil mengenal sifat dirinya, maka dia berpotensi mengenal sifat Tuhannya." - M. Quraish Shihab

"Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." - Imam Ghazali

"Pemikiran hanya akan menjadi besar dan dapat hidup di antara kita, jika diperjuangkan dengan sebuah pengorbanan yang penuh totalitas." - Abu Rusyidan

"Setiap perjuangan pasti ada tantangan. Jika tidak berani menghadapi tantangan, jangan berjuang. Namun hidup sendiri pun adalah perjuangan." - Abdurrahman Navis

"Tuhan memberiku sindrom Parkinson ini untuk menunjukan kalau Aku bukanlah "Yang Terhebat". Melainkan hanya Dia (Tuhan)."Muhammad Ali

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo-Sandi Unggul dalam Penghitungan Suara Pemilu di Sudan

Posted: 18 Apr 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Khartoum - Dalam penghitungan suara hasil pemilu di ibu kota Sudan, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) setempat melaporkan bahwa pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, meraih suara jauh mengungguli pesaingnya, pasangan calon (paslon) nomor urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Prabowo-Sandi memperoleh 646 suara (75,02%), jauh dibandingkan Jokowi-Ma'ruf yang mendapat 160 suara (18,6%).

Adapun untuk jumlah surat suara yang tidak sah, PPLN Khartoum melaporkan sebanyak 55 atau 6,38% dari total keseluruhan partisipasi aktif pemilu terkait.

Penghitungan surat suara tersebut dilaporkan hanya berasal dari dua TPS yang dibuka di ibu kota Khartoum, yang masing-masing dikuasai oleh dukungan terhadap paslon nomor urut 02.

Tingkat partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu di Sudan tahun ini mencapai 100%, dengan masing-masing TPS melayani WNI dalam jumlah yang hampir seimbang satu sama lain.

Pemilu di Khartoum dilaksankan pada 13 April lalu di dua unit TPS, tanpa ada layanan pemilihan via jasa pos.

 

Berlangsung 12 Jam

Ilustrasi Pemilu 1(Liputan6.com/M.Iqbal)

Penghitungan suara hasil pemilu oleh PPLN Khartoum dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019, yang berlangsung antara pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat.

Agenda tersebut dimulai dengan sambutan oleh Duta Besar RI untuk Sudan, Rossalis R. Adenan, dan dilanjutkan secara berurut penghitungan suara pada TPS 01 (Wisma Duta) dan TPS 02 (KBRI Khartoum).

Proses penghitungan suara dipimpin langsung oleh dua pimpinan KPPSLN, Muhammad Ruhiyat Haririe dan Chairil Amal.

Turut hadir dalam proses penghitungan suara tersebut adalah para diplomat RI setempat, beberapa saksi, serta hampir 100 orang WNI.

PKS Unggul

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto memberikan keterangan pers sai pertemuan tertutup di kantor DPP PKS, Jakarta, Senin (30/07). Kedatangan Prabowo membahas cawapres dan koalisi dengan Partai Demokrat. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, untuk hasil pemilu DPR RI, PPLN Khartoum menyebut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berada di posisi teratas, yakni sebanyak 599 suara.

Adapun empat partai yang meraih suara besar lainnya, secara berurutan adalah PKB (91 suara), Gerindra (35 suara), PPP (23 suara), dan PDI Perjuangan (16 suara).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KNPI Siap Jaga Kedaulatan Indonesia dari Tindakan Inkonstitusional Usai Pemilu 2019

Posted: 18 Apr 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia telah melaksanakan Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 secara serentak. Ada yang menyebut, pemilu kali ini rumit karena bukan hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga pemilihan anggota legislatif dan DPD.

Warga pun seakan terbelah karena berbeda siap politik. Bendahara Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Twedy Noviadi Ginting mengajak semua masyarakat bergandeng tangan kembali, menjaga persatuan dan mengubur segala dendam dan kebencian pasca pemilihan.

KNPI mendukung penuh langkah-langkah pengendalian keamanan pasca pemilu oleh TNI/Polri dan KPU. Selanjutnya, DPP KNPI beserta seluruh jajaran KNPI se-Indonesia, siap untuk menghadapi gerakan inkonstitusional yang ingin dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami siap menghadapi gerakan-gerakan yang mengancam kedaulatan. Karena perselisihan pemilu seharusnya ditempuh melaui jalur hukum, bukan aksi jalanan," kata Twedy dalam siaran persnya, Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Terkait hasil hitung cepat Pemilu 2019, KNPI mengajak seluruh elemen masyarakat bersabar dan menerima hasil perhitungan resmi KPU RI. 

"Dan terakhir, dari hasil quick count lembaga-lembaga survei terpercaya, serta hasil pemantauan rekan kita di lapangan dan berbagai analisa intelektual muda KNPI, maka kami DPP KNPI dengan ini kembali mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo–Ma'ruf Amin yang telah diberikan amanah dan kesempatan untuk bekerja dan mengabdi kepada bangsa Indonesia periode 2019-2024," kata Twedy.

 

Reporter: Nur Habibie

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Masih Ada Diskon Belanja Hingga 50 Persen di Mal Usai Pemilu

Posted: 18 Apr 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pusat perbelanjaan dan mal di Ibu Kota menawarkan beragam program hingga diskon dalam rangka libur panjang ini. Diskon yang ditawarkan tenant-tenant di mal pun bisa mencapai 50 persen.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, program diskon ini sebenarnya sudah dimulai sejak 17 April kemarin atau saat pemilihan umum (pemilu) berlangsung. Program ini akan berlangsung hingga 21 April 2019.

"Diskon tetap ada sampai 21 April. Jadi umumnya diskon dimulai 17 April sampai dengan 21 April. Ada yang sampai (diskon) 50 persen," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Selain diskon, mal di Ibu Kota menggelar beragam kegiatan hiburan di libur panjang ini. Hal tersebut guna menarik lebih banyak masyarakat berkunjung dan menghabiskan waktu bersama keluarga di mal.

"Long weekend sebenarnya banyak mal mengadakan beragai kegiatan untuk merayakan Easter atau Paskah," kata dia.

Selain itu, Ellen juga berharap isu-isu terkait hasil pemilu tidak mengganggu aktivitas masyarakat di luar rumah dan berkunjung ke mal.

"Adanya isu yang viral semoga tidak membuat masyarakat khawatir," tandas dia.

 

Kunjungan Mal Diprediksi Naik 30 Persen Saat Libur Panjang Ini

Ilustrasi Belanja di Pusat Perbelanjaan (iStockphoto)

Kunjungan ke sejumlah pusat perbelanjaan dan mal pada libur panjang ini diperkirakan akan meningkat. Hal ini terjadi khususnya bagi mal yang lokasinya berada di dekat perumahan.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengatakan, untuk pusat perbelanjaan dan mal yang lokasinya dekat perumahan, akan mengalami lonjakan pengunjung hingga 30 persen.

"Mal estimasikan ada kenaikan sekitar 30 persen," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Menurut dia, hal ini karena masyarakat yang tengah menikmati libur panjang memilih untuk mendatangi mal yang dekat rumah guna menghabiskan waktu bersama keluarga.

Sementara untuk mal yang berlokasi di deket dengan perkantoran diperkirakan justru akan mengalami ‎penurunan kunjungan. Ini karena pengunjung mal yang kebanyakan para pekerja tengah menikmati masa libur panjang.

"Adapun untuk mal yang berada di seputar perkantoran mungkin akan sedikit turun atau landai, sekitar 20 persen-30 persen," kata dia.

Ellen juga berharap, isu-isu pasca pemilihan umum (pemilu) tidak mengganggu kondisi di dalam negeri sehingga masyarakat bisa berkegiatan secara normal dan menikmati liburannya.

"Ada isu di viral, semoga tidak membuat masyarakat khawatir," tandas dia.

Banyak Libur, Okupansi Hotel di Bali Naik 80 Persen

Okupansi hotel di Bali naik drastis pada pekan ini. Hal tersebut terjadi karena banyak tanggal merah dan libur akhir pekan yang cukup panjang (long weekend) pada minggu ini.

Ketua Bali Hotel Association Ricky Darmika Putra menjelaskan, okupansi hotel di Bali pada pekan ini ini mencapai 80 persen.

"Iya, mulai sore ini rata-rata hotel di Bali mengalami kenaikan setelah pesta demokrasi. Rata-rata 75 persen bahkan sampai 80 persen," ujarnya Rabu (17/4/2019).

Seperti diketahui hari libur pekan ini ialah Rabu, Jumat, dan Sabtu-Minggu. Perayaan hari Paskah pun menopang permintaan hotel yang tinggi di Bali ini.

"Iya, juga untuk easter (paskah). Mulai dari 19,20, dan 21 April ini," ujarnya.

Meski begitu, dia mengungkapkan, kenaikan okupansi hotel di Bali tersebut masih didominasi oleh turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman). "Lebih dominan wisman," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Asing Anyar Persib Tak Bisa Main Lawan Borneo

Posted: 18 Apr 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung di laga 8 besar Piala Indonesia 2018 akan lebih dulu menjalani laga tandang kontra Borneo FC pada Rabu 24 April 2019 mendatang. Setelah itu, baru Maung Bandung akan ganti menjamu Pesut Etam di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, pada Senin (29/4/2019).

Seperti diketahui, proses penjadwalan 8 besar Piala Indonesia 2018 ini, baru bisa ditetapkan setelah PSSI lebih dulu mempertimbangkan keikutsertaan dua klub Indonesia, PSM Makassar dan Persija Jakarta, yang juga tampil di Piala AFC 2019. Kedua tim tersebut juga masih bersaing di 8 besar Piala Indonesia 2018.

Terkait dengan itu, pelatih Persib, Miljan Radovic menegaskan bahwa timnya siap menghadapi Borneo FC meski tak bisa memainkan para pemain baru mereka.

Radovic mengaku pasukannya sudah sangat siap untuk menghadapi pertandingan babak 8 besar Piala Indonesia 2018 tersebut.

"Kami mengetahui ini adalah dua pertandingan, bukan hanya satu, dan kami siap untuk menjalani pertandingan leg pertama di Samarinda kemudian leg kedua di Bandung. Saya pikir kami siap untuk itu dan kami tahu harus bagaimana untuk bisa lolos," ujar pelatih Persib.

 

 

Ketenangan Radovic

Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic menyatakan timnya siap menghadapi Borneo FC. (Huyogo Simbolon)

Radovic pun tidak mempermasalahkan beberapa pemain barunya seperti Fabiano Beltrame, Saepulloh Maulana, Achmad Jupriyanto, dan Arthur Gevorkyan tidak bisa diturunkan sesuai regulasi di Piala Indonesia 2018.

"Ya, memang pemain baru tidak bisa bermain, tapi mereka bisa main untuk kompetisi Liga 1 nanti. Mereka akan siap untuk kompetisi nanti," ujar Radovic.

Stok Pemain

"Tapi, untuk lawan Borneo nanti kami pun memiliki banyak pemain yang sudah siap main di Piala Indonesia. Mereka tahu bagaimana harus beradaptasi untuk itu. Jadi pemain baru tidak main pun tidak masalah buat kami. Saya tidak bisa mengubah peraturan, tapi kami siap," ungkap Radovic.

Pelatih Persib Bandung berusia 43 tahun ini pun tidak mempermasalahkan harus menjalani tandang dulu pada babak 8 besar Piala Indonesia 2019. "Hal itu tidak penting, coba lihat di Liga Champions Eropa, di mana itu tidak selalu penting. Yang paling penting adalah bagaimana dalam dua pertandingan nanti kami bisa meraih kemenangan," ucap pelatih asal Montenegro ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tradisi Unik Paskah dari Berbagai Negara

Posted: 18 Apr 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini Perayaan Paskah jatuh pada 21 April . Setiap negara punya tradisi perayaan unik yang berbeda untuk merayakan Paskah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Sederhana Menghindari Kram Ketika Berlari

Posted: 18 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kram adalah masalah yang sering terjadi ketika berlari. Biasanya kram bisa menyerang pada bagian perut, kaki, ataupun betis kamu.

Aktivitas berlari kamu bisa menjadi terganggu kalau kram sudah menghantui. Karena otot yang kram harus segera diistirahatkan, agar kembali normal.

Tetapi sebenarnya kram bisa terjadi karena kelalaian kamu sendiri. Ketika kamu tidak mengonsumsi cukup air, ataupun ketika kamu tidak melakukan pemanasan sebelum berolahraga, kram dapat menyerang kamu.

Nah, agar kegiatan olahraga larimu tidak terganggu dengan kram kamu perlu tahu cara menghindari kram nih. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/4/2019) tentang cara sederhana menghindari kram.

1. Lakukan Pemanasan Sebelum Berlari

Cara sederhana menghindari kram yang sebenarnya sudah lazim diketahui orang-orang adalah melakukan pemanasan setiap mau memulai olahraga, termasuk berlari. Banyak orang menyepelekan pemanasan ini, padahal perannya sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh kamu.

Pemanasan dapat meningkatkan suhu tubuh, denyut jantung, hingga melenturkan persendian yang tentunya juga dapat menghindarkan kamu dari kram. Bagi kamu yang sudah terbiasa berolahraga tentunya akan paham betapa pentingnya pemanasan bagi tubuh saat berolahraga.

Kadang kurangnya pemanasan atau bahkan tidak melakukan pemanasan sama sekali dapat mengakibatkan kamu terkena cedera ketika berlari. Oleh karena itu, mulai hari ini lakukanlah pemanasan setiap sebelum berolahraga agar kamu terhindar dari kram dan dampak dampak buruk lainnya.

2. Menjaga Asupan Air dan Elektrolit Tubuh

Rutin Minum Air Putih (TinnaPong/Shutterstock)

Kebanyakan orang yang terserang kram biasanya mengalami dehidrasi. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi untuk menghindari kram. Dengan banyak minum air tidak hanya bermanfaat untuk menghindari kram ketika berlari, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu.

Performa kamu ketika berlari akan diatur oleh elektrolit yang merupakan ion-ion tubuh yang mampu menghantarkan arus listrik dan penting untuk melancarkan banyak sekali fungsi tubuh. Ketika asupan elektrolit di dalam tubuh tidak terpenuhi, maka otot akan melemah dan menyebabkan terjadinya kram. Jadi kamu harus mengonsumsi makanan makanan kaya nutrisi seperti pisang, yoghurt dan lain lain untuk menjaga asupan elektrolit di dalam tubuh.

Mengatur Kecepatan Lari dan Pernapasan

Mengatur Kecepatan Berlari (Sumber: Pixabay)

3. Mengatur Kecepatan Lari

Cara sederhana menghindari kram selanjutnya yaitu mengatur kecepata berlari kamu. Sebaiknya jangan memacu kecepatan sejak awal berlari. Mulailah berlari dengan pelan, lalu tingkatkan kecepatan kamu secara perlahan sedikit demi sedikit.

Bila kamu langsung berlari pada kecepatan tinggi di awal, kamu kemungkinan besar bisa mengalami kram otot. Bahkan kamu dapat mengalami risiko cedera yang lebih tinggi daripada orang yang memulai berlari dengan pelan dan mengatur kecepatan secara perlahan.

4. Mengatur Pernapasan

Kadang kamu bisa terserang kram di bagian tubuh atau perut bagian kiri, biasanya ini terkait dengan pernapasan. Hal ini bisa kamu cegah dengan mengatur pernapasan dengan cara menarik napas dalam dalam dengan diafragma untuk membuat oksigen memenuhi paru paru. Bila kamu tidak menarik napas menggunakan diafragma, hal tersebut dapat mengakibatkan kram karena terbatasnya suplai oksigen ke paru-paru. 

5. Jangan Lari Setelah Makan Berat

Hal ini mungkin juga sudah menjadi rahasia umum bagi orang orang yang biasa berolahraga. Kamu disarankan untuk tidak makan berat atau minum terlalu banyak air dalam jangka waktu dua jam sebelum berlari.

Bila kamu baru saja makan berat atau minum air terlalu banyak selama 2 jam sebelum berlari, bisanya kamu akan menderita kram pada perut atau sakit perut, yang tidak jarang nantinya juga menyebabkan muntah. Jadi jangan sampai kamu memakan makanan berat atau minum terlalu banyak air sebelum berolahraga, termasuk berlari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Keriuhan Warganet Terkait Hilangnya Sandiaga Uno Sedot Perhatian

Posted: 18 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Absennya Sandiaga Uno ternyata mengundang tanda tanya besar dari warganet. Banyak yang bertanya, di manakah keberadaan Sandiaga Uno saat Prabowo mengadakan jumpa pers dan berpidato.

Berita ini pun menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Kamis (18/4/2019). Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari kicauan terakhir Sandiaga Uno di Twitter.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Misteri Hilangnya Sandiaga Uno Puncaki Trending Topic

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar jumpa pers mengenai hasil quick count atau hitung cepat Pemilu 2019 pada Rabu sore (17/4/2019).

Dalam pidatonya, Prabowo mengaku tidak percaya hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang memenangkan pasangan capres Jokowi-Ma'ruf.

Saat pidato, Prabowo ditemani oleh petinggi BPN, seperti Fadli Zon, jubir BPN Dahnil Anzar, Rachmawati Soekarnoputri, dan Sohibul Iman. Terlihat ekonom senior Rizal Ramli.

Namun, dalam jumpa pers tersebut tidak terlihat keberadaan cawapres Sandiaga Uno.

Baca selengkapnya di sini 

2. Menghilang dari Keramaian, Ini Kicauan Terakhir Sandiaga Uno di Twitter

Sandiaga Uno tidak menemani capres nomor urut 02 Prabowo Subianto saat jumpa pers mengenai quick count atau hitung cepat Pemilu 2019 pada Rabu sore (17/4/2019).

Dalam pidatonya, Prabowo mengaku tidak percaya hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang memenangkan pasangan capres Jokowi-Ma'ruf.

Walau tidak ada Sandiaga Uno, Prabowo tetap ditemani oleh petinggi BPN, seperti Fadli Zon, jubir BPN Dahnil Anzar, Rachmawati Soekarnoputri, dan Sohibul Iman. Terlihat ekonom senior Rizal Ramli.

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Klaim Menang Pilpres 2019, Warganet Komentari Ekspresi Sandiaga Uno

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno (kanan) saat memberi keterangan kepada awak media di Rumah Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4). Prabowo kembali mendeklarasikan menang Pilpres 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mendeklarasikan kemenangan Pilpres di kediamannya di Jalan Kartanegara, Jakarta, Kamis (18/4/2019).

Ini adalah kali ketiga Prabowo Subianto mendeklarasikan kemenangannya di ajang kontestasi calon presiden RI 2019-2024.

Bedanya, dalam deklarasi kemenangan kali ini Prabowo Subianto didampingi oleh Cawapres-nya yakni Sandiaga Uno.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Justin Bieber Terlibat Kolaborasi Akbar Bareng Adam Levine hingga Psy

Posted: 18 Apr 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Meski beberapa waktu lalu Justin Bieber sempat mengumumkan akan hiatus dari industri musik, ternyata bukan berarti ia mundur sepenuhnya dari dunia hiburan. Ia akan berkolaborasi dalam lagu dan video klip "Earth" yang diperkirakan dibuat dalam rangka menyambut Hari Bumi tanggal 22 April mendatang..

Hal ini diumumkan lewat sebuah video teaser berjudul "Earth" yang diunggah oleh Justin Bieber di akun Instagram-nya, Kamis (18/4/2019).

"Mari selamatkan Bumi @lildickygram Lagu baru dan video besok malam," tulis Justin Bieber di caption video teaser tersebut.

Lil Dicky diketahui adalah pelopor dari proyek kolaborasi ini, lantaran video teaser "Earth" ini diunggah secara resmi di kanal YouTube Lil Dicky. Dilansir dari Billboard (17/4/2019) Lil Dicky mengakui bahwa ia akan mengeluarkan musik dan video musik baru.

 

Kolaborasi Akbar

Justin Bieber (Instagram/ justinbieber - https://www.instagram.com/p/BqYfOW5H68D/)

Yang lebih menghebohkan lagi adalah daftar nama artis dan penyanyi besar yang akan ikut ambil bagian dalam lagu tersebut.

Selain Justin Bieber, ada Ariana Grande, Halsey, Miley Cyrus, Wiz Khalifa, Snoop Dogg, Adam Levine, Shawn Mendes, Charlie Puth, Sia, Hailee Steinfeld, Katy Perry, Lil Yachty, Ed Sheeran, Meghan Trainor, John Legend,  Backstreet Boys, dan lainnya.

 

Tak hanya dari Amerika dan Eropa, bergabung juga artis dari Asia yakni Psy dan Kris Wu. Bahkan aktor Kevin Hart dan Leonardo DiCaprio ikut serta dalam jajaran ini.

 

 

Tanggal Rilis

Di bagian akhir teaser, Lil Dicky memasang waktu pasti kapan lagu itu akan dirilis yaitu pada 4 April pukul 9 malam waktu setempat. 

(Alda Monica/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 1: Bek Persela Pelajari Striker Anyar Lewat Video

Posted: 18 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persela Lamongan terus bersiap menyambut kompetisi Liga 1 2019. Hal ini diutarakan bek Persela, Arif Satria.

Terlebih, kata dia, musim ini banyak wajah-wajah baru di posisi striker yang menghiasi klub-klub peserta.

Karena itu, pemain Persela asal Musi Rawas tersebut, berusaha mencari cara untuk mengantisipasi penyerang anyar yang dimiliki lawan. Sehingga, ia bisa lebih siap untuk menghadapinya.

"Saya sendiri pribadi saya pelajari di mana saya cari kelemahan mereka (penyerang asing baru), bagaimana saya bisa menghadang mereka," ungkap Arif Satria kepada Bola.net.

Arif mempelajari gaya permainan penyerang anyar tersebut melalui rekaman-rekaman video. Termasuk menyaksikan penampilan mereka melalui layar kaca ketika bertanding.

"Kayak Amido Balde (striker Persebaya), dia posturnya tinggi, pasti dia kuat tahan bola dan heading. Nanti di lapangan bagaimana saya bisa mengantisipasi striker yang model begitu," sambung bek Persela itu.

Persaingan Lebih Sengit

Karena banyak wajah baru, terutama pemain asing, Arif memprediksi persaingan di Liga 1 2019 akan berlangsung sengit. Sebab, para kontestan benar-benar mempersiapkan diri dengan baik.

"Semakin tahun makin ketat persaingan, kita lihat banyak tim-tim juga pembentukannya timnya masing-masing lebih serius juga," lanjut Arif.

"Yang pasti, liga tahun ini bakalan lebih sengit dari tahun kemarin," tegas mantan pemain Semen Padang tersebut.

Jadwal

PSSI sudah menetapkan tanggal kick off Liga 1 2019. Kompetisi kasta tertinggi dalam sepak bola Indonesia tersebut akan mulai dihelat pada 8 Mei mendatang.

Kompetisi Liga 1 2019 harus diundur hingga Mei. Sebab, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin menghormati hajatan besar Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif pada 17 April 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Menarik Niki Zefanya, Teman Lisa Blackpink dari Indonesia

Posted: 18 Apr 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, Blackpink tampil sebagai salah satu pengisi acara Festival Coachella di kawasan Indio, California, pada Jumat (12/4/2019). Penampilannya itu membuat Blackpink menjadi grup idola Korea Selatan pertama yang diundang dalam festival musik bergengsi tersebut.

Tak hanya itu, pada bulan April ini salah satu personel Blackpink juga memecahkan rekor sebagai  idola K-Pop dengan jumlah pengikut paling banyak di Instagram. Yaitu Lisa Blackpink yang dengan pesonanya mampu membius para fans K-Pop.

Padahal, pemilik nama asli Lalisa Manoban itu adalah gadis kelahiran Thailand. Tak ada darah Negeri Ginseng yang mengalir di tubuhnya. Namun, dalam waktu kurang dari setahun aktif di Instagram, pelantun lagu 'Kill This Love' itu sudah punya belasan juta pengikut.

Dirinya memang rajin mengunggah foto dan video di media sosial pribadinya itu. Belakangan ini, salah satu unggahan member termuda Blackpink itu cukup menarik perhatian.

Teman Akrab Lisa Blackpink

Niki dan Lisa Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)

Pada Rabu, (17/4/2019), Lisa membagikan foto bersama teman perempuannya di tengah gemerlapnya malam di Planetarium Griffith, Los Angeles.

Melalui captionnya, para fans segera mengetahui siapa sosok yang menemani Lisa di malam yang dingin di Los Angeles. Yaitu Niki Zefanya, penyanyi asal Indonesia sekaligus teman dekat Lisa yang berhasil curi perhatian.

Nama Niki Zefanya mungkin belum begitu akrab di telinga. Pasalnya, Niki lebih aktif berkarier di Amerika sehingga tak heran banyak yang kaget ketika mendapati fakta dirinya adalah warga negara Indonesia.

Makanya kamu perlu tahu lebih dalam seperti apa sosok Niki Zefanya yang jadi teman Lisa Blackpink. Untuk itu, berikut Liputan6.com rangkum 5 fakta menarik Niki Zefanya, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (19/4/2019).

1. Musisi Muda Indonesia yang Go International

Niki Zefanya (Sumber: Instagram/nikizefanya)

Pemilik nama asli Nicole Zefanya ini mungkin baru berusia 20 tahun. Namun prestasinya patut diacungi jempol karena membawa nama harum Indonesia di kancah musik internasional. Musisi yang lahir 24 Januari ini beraliran musik R&B dan indie folk.

Melalui label 88Rising, Niki mengasah bakatnya dalam memproduksi lagu sekaligus teknik bernyanyinya. Meski kini tinggal di Amerika Serikat, namun Niki lahir di Jakarta dan juga bersekolah di Sekolah Pelita Harapan.

2. Satu Label dengan Rich Brian

Niki Zefanya (Sumber: Instagram/nikizefanya)

Label rekaman 88Rising sebagai naungan para penggiat dan penikmat musik hip hop terletak di Amerika Serikat. Banyak bintang hip hop jebolan 88Rising yang menelurkan karya mereka. salah satunya Brian Imanuel atau yang akrab dikenal Rich Brian.

Usut punya usut, ternyata Niki diajak Rich Brian untuk bergabung dalam labelnya itu pada 2017 silam. Keduanya sempat berkolaborasi dalam sebuah lagu berjudul Little Prince yang termasuk dalam album Amen milik Rich Brian.

3. Trending Nomor 1 di Tangga Lagu Korea Selatan

Niki Zefanya (Sumber: Instagram/nikizefanya)

Bakat Niki sudah terlihat sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah. Ia sudah punya banyak penggemar berkat unggahan videonya saat menyanyikan lagu ciptaannya di YouTube. Tak ayal jika kini pun Niki sukses dengan kariernya bahkan di mancanegara sekalipun.

Niki kerapkali mencuri perhatian sejumlah media internasional, termasuk Vice dan Billboard. Tak hanya itu, lagu Niki berjudul Spell juga sempat menjadi trending nomor 1 di tangga lagu Korea Selatan berkat Lisa yang mempromosikan.

4. Penampilan Pembuka Konser Taylor Swift

Niki Zefanya (Sumber: Instagram/nikizefanya)

Di usianya yang masih belia, Niki ternyata pernah tampil menjadi pembuka untuk sejumlah konser penyanyi kelas dunia. Ia membuka konser Taylor Swift di Jakarta pada 2014 silam dan tur konser Halsey di Asia tahun lalu.

5. Teman Lisa Blackpink dan Jackson GOT7.

Niki tak hanya berteman akrab dengan Lisa Blackpink. Jika berbicara tentang Lisa, mungkin nama Niki langsung muncul di benak pikiran. Namun ternyata, Niki juga berteman dengan salah satu personel grup idola GOT7, yaitu Jackson.

Seperti diketahui, Jackson dikenal sebagai rapper berbakat yang berhasil debut solo melalui lagu-lagu kerennya. Pada awal 2019 lalu, Jackson bertandang ke Amerika dan bertemu teman-temannya di 88Rising. Salah satunya Niki yang menjadi teman akrab Jackson GOT7 dan juga Rich Brian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Spanyol: Marquez Mencoba Kembali ke Puncak

Posted: 18 Apr 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jerez - Balapan MotoGP Austin, pekan lalu, menyisakan banyak kejutan. Raja di Austin, Marc Marquez gagal finis setelah terjatuh di tikungan ke-12.

Jatuhnya Marquez di MotoGP Austin membuat persaingan gelar juara dunia seperti berguncang. Rider Repsol Honda Team itu kehilangan posisi puncak klasemen pembalap.

Posisi puncak klasemen MotoGP dipimpin oleh rider Ducati, Andrea Dovizioso, yang mengemas 54 poin. Dia hanya unggul tiga poin dari Valentino Rossi yang sudah dua kali naik podium di MotoGP 2019.

Setelah MotoGP Austin, pusat perhatian penggila balap kuda besi ini dipastikan akan berlanjut ke putaran selanjutnya di Spanyol.

Di Circuit de Jerez-Angel Nieto, Marquez dipastikan akan habis-habisan demi mengembalikan posisi puncak klasemen MotoGP 2019 yang kini jadi milik pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

Selain itu, balapan ini juga dipastikan penuh gengsi bagi Marquez. Pasalnya, dia akan tampil di hadapan suporternya sendiri, di rumah sendiri.

Tentu, insiden di MotoGP Austin tak boleh lagi terulang atau dia akan menanggung malu di hadapan publik sendiri. Berikut jadwal MotoGP Spanyol.

 

Jadwal MotoGP Spanyol

Jumat 3 Mei

Free Practice 1: 14:55 - 15:40 WIB

Free Practice 2: 19:05 - 19:50 WIB

Sabtu 4 Mei

Free Practice 3: 14:55 - 15:40 WIB

Free Practice 4: 18:30 - 19:00 WIB

Kualifikasi 1: 19:10 - 19:25 WIB

Kualifikasi 2: 19:35 - 19:50 WIB

Minggu 5 Mei

Balapan: 19: 00 WIB

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Alami Cegukan, Intip Cara Mencegahnya

Posted: 18 Apr 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Agar tidak cegukan seperti yang dialami calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan. Hal yang paling utama dari sisi mengontrol makanan.

Dokter spesialis konsultan gastroenterologi Ari Fahrial Syam pernah menyampaikan cara mencegah cegukan dalam tayangan video "Ayo Hidup Sehat."

"Mengunyah makanan sebanyak 30 kali itu benar sekali. Maksudnya buat mengontrol makanan yang akan masuk ke saluran pencernaan agar tidak nemicu tekanan pada diafragma ((sekat yang membatasi toraks--bagian atas tubuh dan perut)," ungkap Ari sebagaimana dalam tayangan video "Ayo Hidup Sehat", ditulis Jumat (19/4/2019).

Makan yang terburu-buru akan memicu tekanan pada diafragma. Tekanan tersebut akan mengarah pada pita suara sehingga mengeluarkan suara cegukan.

"Kalau tidak dimanage (kontrol) dengan baik (mengunyah makanan), yang terjadi ya bisa cegukan," lanjut Ari.

Ketika cegukan terjadi, Anda biasa disarankan minum air putih. Hal ini bertujuan menurunkan tekanan pada diafrgama sehingga meredakan atau menghilangkan cegukan.

Pusat batang otak

Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto (tangah) dan Sandiaga Uno (kanan) saat memberi keterangan kepada awak media di Rumah Kertanegara, Jakarta, Kamis (18/4). Prabowo mengklaim menang Pilpres 2019 dengan perolehan suara 62 persen. (Liputan6.com/JohanTallo)

Faktor cegukan bukan hanya karena dipicu adanya rangsangan dari diafragma. Rangsangan pusat batang otak juga menimbulkan cegukan.

"Jadi, ada komponen yang merangsang saraf pusat batang otak di tulang leher. Di area itu terdapat pusat cegukan. Ketika area tersebut terangsang dari konsumsi minuman bersoda dengan cepat-cepat, misalnya. Cegukan bisa timbul," ujar Ari yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Penyebab cegukan, menurut Ari, juga bisa karena penyakit yang mendasarinya. Contohnya, penyakit gangguan ginjal. Adanya rangsangan dari sisa metabolisme yang tidak bisa dibuang oleh ginjal bisa menimbulkan cegukan.

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Nyoblos Sesuai Jurusan Kuliah Ini Bikin Tepok Jidat

Posted: 18 Apr 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam pemilu 2019, masyarakat berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya. Kini rakyat Indonesia menanti siapa yang akhirnya terpilih sebagai presiden dan wakil presiden yang akan memimpin Indonesia lima tahun mendatang. 

Namun, ada banyak cerita yang hadir dalam Pemilu 2019 ini. Bahkan semangat pesta demokrasi ini merambah ke media sosial hingga menjadi inspirasi bagi para insan kreatif untuk membuat meme-meme lucu hal yang dilakukan orang waktu nyoblos.

Salah satunya adalah cara nyoblos versi jurusan kuliah yang lucu dan bikin ngakak. Kalau orang pada umumnya mencoblos pada pemilu 2019 menggunakan paku, namun tidak dengan netizen.

Mereka akan mencoblos sesuai dengan jurusan masing-masing.  Berikut Liputan6.com rangkum 7 cara nyoblos sesuai jurusan masing-masing yang bikin tepok jidak dan kocak, Jumat (19/4/2019).

1. Kira-kira kalau nyoblos ini, potongan bunganya berapa ya?

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan (sumber:Twitter/@luxyriz)

2. Masa lalu, biarlah masa lalu

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan (sumber:Twitter/@hndlukman)

3. Maaf nih, kok ribet banget jadinya ya

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan (sumber:Twitter/@ViaAyuni_C)

4. Arsipakan baik-baik ya

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan (sumber:Twitter/@putriariavanti

5. Anak arsitek mana suaranya

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan (sumber:Twitter/@ruristoteles)

6. Tripodnya yang kaki tiga sekalian ya

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan (sumber:Twitter/@Danispratiwii_)

7. Dengan satu obeng, semua masalah terselesaikan

Cara Nyoblos Sesuai Jurusan( sumber:Twitter/@frexxalin )

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Melihat Prosesi Jalan Salib di Jumat Agung Gereja Katedral

Posted: 18 Apr 2019 09:03 PM PDT

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Jemaat menyaksikan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal Fanani

Jemaat menyaksikan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal Fanani

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

Umat Katolik memerankan drama penyaliban Yesus (tablo) saat ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat (17/4). Kegiatan tesebut merupakan rangkaian dari pekan suci perayaan Paskah 2019 Paroki Katedral Jakarta yang mengambil tema 'Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat'. (Liputan6.com/Faizal F

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Duga Pengemudi Camry yang Tabrak Belasan Orang di Tendean Mabuk

Posted: 18 Apr 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mobil Toyota Camry menabrak belasan orang di Tendean, Jakarta Selatan. Pengemudi mobil kemudian diamuk massa usai tabrak lari Kamis 18 April 2019.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya lalu mengamankan pengemudi bernama bernama Denny Supardi (36). 

Berdasar hasil pemeriksaan, polisi menduga pelaku membawa kendaraan dalam pengaruh minuman keras. "Patut diduga pengaruh minuman beralkohol," kata Kasubdit Bin Gakum Polda Metro Jaya AKBP M Nasir di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Oleh karena itu, polisi menyangkakan Pasal 312 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kepada pengemudi Camry yang tabrak belasan orang di Tendean. Pasal tersebut mengatur soal tindak pidana tabrak lari.

"elaku kita kenakan Pasal 312 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 dengan ancaman hukuman luka berat 10 tahun (penjara)," ujar Nasir.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Simpel Hailey Baldwin Rilis Lini Kecantikan Sendiri

Posted: 18 Apr 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan industri kecantikan mencuri perhatian sejumlah pihak. Hal ituu terbukti dengan semakin banyaknya artis yang memiliki lini kecantikan sendiri. Setelah Ariana Grande melansir parfum "Thank You, Next", kini giliran Hailey Baldwin yang juga melirik bisnis kecantikan.

Dikutip dari Harpersbazaar, Kamis, 18 April 2019, istri dari Justin Bieber ini mengajukan dokumen untuk merilis produk kosmetik dan perawatan kulit dengan merek Bieber Beauty.

Produk Bieber Beauty ini menjadi lini kecantikan yang mencakup makeup, parfum, dan produk rambut. Hailey menggunakan nama belakang suaminya sebagai merek dagang karena nama Bieber kini adalah nama belakangnya.

Hal itu sekaligus sebagai bentuk penyesuaian Hailey menggunakan nama Bieber. Hailey sendiri bukan tanpa pengalaman dengan merilis produk kecantikan sendiri.

Baik Justin maupun Hailey punya pengalaman dengan produk kecantikan. Seperti memiliki sederet jenis parfum sejak 2019. Hailey pun pernah merilis lini cat kuku bersama Nicole dari OPI.

Para penggemar juga berharap Bieber Beauty yang akan segera diluncurkan menjadi salah satu merek dengan penekanan pada keindahan alam.

Motivasi membuat makeup

(instagram/haileybaldwin)

Hailey sendiri pernah mengatakan bahwa perempuan sebenarnya hanya butuh sedikit concealer, highlighter, dan maskara.

"Beberapa orang merasa tidak nyaman dengan sejumlah cakupan makeup yang harus diterapkan. Trik yang aku pelajari adalah mencampur pelembap dengan foundation untuk membuatnya sedikit lebih tipis," ujar Hailey.

Motivas utama Hailey Bieber membuat produk sendiri ini karena tidak suka melihat perempuan dengan kontur penuh, foundation tebal, dan bedak. Hal itu bisa membuat tampilan wajah menjadi penuh dengan makeup.

Hailey mengaku tidak suka melihat perempuan dengan kontur penuh, foundation tebal, dan bedak. Itu membuat tampilan wajah menjadi penuh dengan makeup.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Orang Mudah Termakan Hoaks dari Medsos

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Hoaks dalam operasi informasi menjadi salah satu dari tiga ancaman siber sepanjang pemilu sampai pascapemilu. Berdasarkan riset Center for Digital Society (CfDS) UGM, dua ancaman keamanan siber masa Pemilu 2019 lainnya adalah operasi siber dan operasi campuran.

Direktur CfDS Dedy Permadi mengungkapkan operasi informasi adalah penyebaran penyakit informasi. Hoaks hanya sebagian kecil operasi informasi dalam pemilu.

Ada tiga jenis operasi informasi, yakni misinformasi atau informasi yang disebarkan dengan tidak sengaja, disinformasi alias hoaks yang disebarkan dengan sengaja, dan malinformasi yakni informasi yang tidak terkait data benar atau tidak dan hanya bertujuan menyerang.

"Ini sudah terjadi sebelum dan sesudah pemilu, misal ujaran kebencian, perundungan siber, kekerasan daring, pembocoran data pribadi, pemelintiran kebencian atau kemarahan yang dibuat-buat, dan deligitimasi hasil," ujar Dedy dalam jumpa pers di Fisipol UGM, Kamis (18/4/2019).

Menurut Dedy, hoaks sebagai operasi informasi menjadi salah satu bentuk ancaman keamanan siber yang mengancam kualitas demokrasi, khususnya Pemilu, karena bisa merusak persepsi publik. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat sepanjang Agustus 2018 sampai Maret 2019 terdapat 1.224 hoaks.

Ia menerangkan operasi informasi memanfaatkan bias kognitif manusia yang memiliki keterbatasan memproses informasi. Artinya, orang cenderung memilih informasi yang mudah dikonsumsi.

Dedy juga memaparkan alasan orang mudah termakan hoaks dari media sosial. Ia menggunakan pendekatan berdasarkan fenomena ego chamber dan post truth.

Ego chamber merupakan algoritma media sosial yang menggiring pengguna mengakses konten yang dekat dengan kesukaan pengguna. Misal, orang kerap mengakses satu topik tertentu maka yang kerap muncul di media sosialnya adalah topik-topik sejenis.

Dampak yang sering tidak disadari oleh pengguna adalah mereka tergiring dan mengakses konten-konten serupa sehingga berimbas pada isolasi terhadap perspektif lain.

Selanjutnya, konten yang sering diakses, yang belum diketahui kebenarannya bisa dianggap sebagai kebenaran karena informasi tersebut dekat dengan keyakinan dan terus-menerus diterima orang tertentu.

"Ini yang disebut dengan post truth, kebohongan bisa dianggap sebagai kebenaran," ucapnya.

Ia mencontohkan operasi informasi melalui hoaks bisa berefek pada pemilu di sebuah negara. Amerika Serikat, misalnya, kemenangan Presiden Trump didukung oleh disinformasi dan malinformasi. Demikian pula dengan kemenangan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, yang didukung oleh penyebaran hoaks melalui WhatsApp berskala masif.

 

Cara Melawan Hoaks

Center for Digital Society (CfDS) UGM mengungkapkan alasan orang mudah termakan hoaks dari media sosial (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Dedy menuturkan cara melawan hoaks yang efektif adalah dengan literasi digital. Ia tidak menampik, hal ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

"Orang yang sudah terpapar hoaks harus diberitahukan informasi yang benar dan tidak terdistorsi dan itu butuh waktu," kata Dedy.

Ia melansir hasil riset Masyarakat Telekomunikasi (Mastel) 2019 yang menunjukkan masyarakat sebenarnya mulai punya kecakapan digital. Riset itu menunjukkan pada 2017 sampai 2019 kebutuhan masyarakat untuk pendidikan literasi digital menurun.

Ia juga menuturkan masyarakat bisa berpartisipasi langsung dan memerangi hoaks melalui pelaporan atau menuliskan aduan ke aduankonten.id. Selain itu, bisa pula melalui pengaduan khusus ke Polri karena kepolisian saat ini sudah memiliki bidang yang menangani cyber crime dan memiliki digital forensik yang bisa melacak jejak digital secara detail.

"Penyebaran hoaks sangat bisa diproses," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simmons Pimpin Sixers Menang di Kandang Nets

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ben Simmons menjawab kritik pedas yang dialaminya dengan tampil spekatakuler saat Philadelphia 76ers dijamu Brooklyn Nets pada gim ketiga play off NBA, Jumat (19/4/2019) pagi WIB. Simmons memimpin Sixers menang 131-115.

Kemenangan ini membuat Sixers unggul 2-1 atas Nets di play off Wilayah Timur NBA. Gim keempat masih akan dimainkan di kandang Nets, Barclays Center dua hari mendatang. 

Pada laga ini, Simmons membuat 31 poin dan sembilan assists. Torehan 31 poin merupakan yang tertinggi bagi Simmons di babak play-off NBA. Akurasi tembakan Simmons sangat baik, 11 dari 13.

Power forward Tobias Harris menyusul dengan 29 poin, sedangkan shooting guard JJ Redick menhhasilkan 26 poin.

Sixers sangat membutuhkan performa terbaik Simmons karena center Joel Embiid mendadak tidak bisa bermain karena cedera lutut memar. Embiid sempat ikut pemanasan, namun digantikan Greg Monroe saat laga dimulai.

Di kubu Nets, point guard D'Angelo Russell menjadi penampil terbaik dengan membuat 26 poin. Torenhan 26 poin juga dibuat pemain cadangan Caris LeVert.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Investasi Bakal Mengalir Deras ke RI Pasca Pemilu

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Investasi diyakini akan mulai mengalir masuk ke Indonesia pasca berlangsungnya pemilihan umum (pemilu). Selama ini banyak investor yang menunggu kondisi pasca pesta demokrasi dan kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan terpilih.

Ekonom Asia Development Bank Institute, Eric Suganti mengatakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada 2019 ini investor menyoroti pelaksanaan dan hasil dari pemilu. Banyak yang masih menunggu kondisi di dalam negeri pasca pemilu.

"Ada fenomena bahwa investor di sektor riil dalam posisi wait and see menunggu hasil pemilu 2019," ujar dia di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Pengamat Kebijakan Publik, Sidik Pramono menyatakan, meski pemilu berlangsung relatif aman dan kondusif, namun masih ada satu hal lagi yang harus dipenuhi jika ingin investasi nasional segera tumbuh, yaitu soal kepastian investasi.

Menurut dia, tingginya tingkat ketidakpastian berinvestasi di Indonesia disebabkan oleh kebijakan sering berubah-ubah. Hal ini yang kerap dikeluhkan oleh para investor.‎

"Banyak faktor yang dapat mengubah suatu kebijakan, namun di Indonesia saya melihat seringkali dikarenakan adanya pergantian pimpinan atau adanya kepentingan lain," ungkap dia.‎

Hal tersebut, lanjut Sidik, membuat investor yang merujuk pada suatu kebijakan untuk menjalankan bisnisnya harus mengalami kerugian karena kebijakannya berubah dan tidak sejalan dengan rencana bisnis yang sudah disusun oleh investor.

 

 

Dana Asing Berpotensi Masuk Rp 21 Triliun ke Pasar Saham RI

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Usai pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019, aliran dana investor asing cukup deras masuk ke pasar saham Indonesia. Lalu bagaimana potensi aliran dana investor asing masuk ke pasar saham Indonesia pada 2019?

Berdasarkan data RTI, Kamis (18/4/2019), aliran dana investor asing mencapai Rp 1,41 triliun di pasar regular.

Total transaksi harian saham mencapai Rp 13,2 triliun. Aksi beli investor asing juga mendorong laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 0,40 persen atau 25,67 poin ke posisi 6.507,22.

Dalam laporan PT Ashmore Asset Management Indonesia disebutkan potensi aliran dana investor asing masuk ke pasar saham usai pemilu 2019 dapat mencapai USD 1 miliar-USD 1,5 miliar. Angka itu sekitar Rp 14,04 triliun (asumsi kurs Rp 14.048 per dolar AS) hingga Rp 21,07 triliun.

Bila melihat data rata-rata aliran dana investor asing yang masuk pada tahun pemilu sekitar USD 2,2 miliar atau sekitar Rp 30,90 triliun.

Secara year to date (Ytd) 2019, aliran dana investor asing yang masuk sudah mencapai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,04 triliun.

Perusahaan manajer investasi ini menyebutkan kalau Pemilu 2019 di Indonesia menerima sentimen positif dengan masuknya aliran dana investor asing dan rekomendasi overweight (saham berpeluang menguat dan bisa melebihi indeks saham yang jadi patokan).

"Di India dan Thailand, aliran dana investor asing masuk sebelum pemilu. Kedua pasar itu diberikan rekomendasi underweight oleh mayoritas perusahaan sekuritas," tulis Ashmore.

Sementara itu, Analis PT Artha Sekuritas, Frederik Rasali menilai, pelaku pasar perlu mencermati aliran dana investor asing yang masuk ke saham-saham kapitalisasi besar.

Hal ini mengingat investor asing lebih saham kapitalisasi besar karena lebih likuid pergerakan sahamnya dan tak terlalu berisiko.

Oleh karena itu, ia juga merekomendasikan kepada investor untuk mencari saham-saham BUMN berkapitalisasi yang masih undervalue.

 

 

 

Dongkrak Saham Kapitalisasi Besar

Ilustrasi Foto Perdagangan Saham dan Bursa (iStockphoto)

Ashmore memperkirakan, tambahan aliran dana investor asing mencapai USD 1,2 miliar dapat mendorong valuasi IHSG tujuh persen. Ini berdasarkan analis pada Pemilu 2014. Rata-rata valuasi IHSG saat pemilu sekitar 16,8-17 kali. Saat ini valuasi IHSG sekitar 15,7 kali.

Ashmore menyebutkan, kalau potensi aliran dana investor asing yang masuk dapat mendongkrak saham-saham berkapitalisasi besar dan yang lesu. Akan tetapi, saham kapital kecil berpotensi menguat.

Ashmore pun merekomendasikan overweight untuk saham bank, bahan material, konstruksi, infrastruktur dan konsumsi.

Adapun sejumlah hal yang dapat dicermati usai Pemilu 2019 antara lain aliran dana investor asing, kebijakan pemerintah untuk menarik dana investor asing secara langsung ke sektor riil dan potensi suku bunga acuan turun pada semester II 2019.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Bermain dengan Ular, Aura Kasih Ngidam Makan Beras

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aura Kasih saat ini sedang hamil besar. Dirinya pun juga mengalami ngidam seperti wanita kebanyakan. Namun, ngidam yang dialami oleh Aura Kasih terbilang unik. Beberapa saat yang lalu, dirinya sempat viral lantaran ngidam ingin bermain dengan ular.

"Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede yang di foto punya temenku," ucapnya Aura Kasih seperti dilansir Merdeka.com.

Saat ini, istri dari Eryck Amaral ini rupanya ngidam satu hal yang cukup aneh. Aura Kasih ngidam ingin ngemil beras.

 

Beras

Aura Kasih dan Eryck Amaral

Bukan nasi loh ya, tapi beras! Penyanyi cantik ini sendiri menceritakan pengalamannya ngidam ngemil beras melalui akun Instagram pribadinya. Bahkan dirinya pun sempat heran dengan ngidamnya tersebut.

"Enggak pernah ngidam, tapi sekarang malah ngidam ngemilin beras. BERAS LOH BERAS," tulis Aura Kasih dalam salah satu unggahannya di instagram story.

 

Reaksi

Aura Kasih mengaku ngidam (Instagram/aurakasih)

Tentu saja ngidam super aneh ini mengundang banyak reaksi. Bahkan Aura pun membubuhkan emoticon tertawa di akhir kalimatnya, menjelaskan jika dirinya juga tak habis pikir mengapa bisa sampai ngidam beras.

Sumber:Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Potret Petugas Kelelahan Jaga Kotak Suara Pemilu Ini Bikin Haru

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesta demokrasi lima tahunan Indonesia telah usai pada Rabu (17/4/2019) lalu. Seperti diketahui pada pesta demokrasi itu dilakukan pemilihan serentak. Pemilihan serentah ialah pemilihan umum yang dilakukan dalam satu hari memiliki calon legislatif dan calon presiden. 

Dibuatnya satu hari masa peilihan umumnya, membuat para petugas pemilu menjadi sangat sibuk. Capek sudah pasti dirasakan. Baik saat belum mulai pemilu sampai selesainya pemilu. Pekerjaan seolah-olah tidak ada habisnya.

Dan salah satu tugas yang sangat capek ialah menjaga kotak suara hasil pemilihan. Lelah pasti dialami yang menjaga kotak suara. Hal itu dikarenakan harus standby 24 jam menjaga kotak suara harus tetap aman sebelum adanya verifikasi.

Perjuangan menjaga otak suara ini telah terangkum dalam Liputan6.com, Jumat (19/4/2019) tentang 5 potret totalitas penjaga kotak suara sebagai berikut.

1. Tidur berbantal paha teman

jaga tps (sumber: twitter.com/habibthink)

Kelelahan terlihat jelas pada gambar di atas. Gambar di atas memperlihatkan 2 aparat sedang menjaga kotak suara. Terlihat begitu mengharukan ketika keduanya terlelap saat menunaikan tugasnya.

Apalagi keduanya tidak tidur disertai alas yang layak, sehingga salah satu opsi ialah tidur dipaha teman, dengan teman satunya tidur dengan posisi duduk.

2. Tidur tanpa alas

jaga tps (sumber: twitter.com/budibisa)

Potret totalitas selanjutnya sangat terlihat di gambar di atas. Bagaimana tidak totalitas, demi menjaga kotak suara aman sampai verifikasi, petugas penjaga rela tidur di tempat kotak suara dengan tidak menggunakan alas. Sungguh potret perjuangan yang amat perlu diapresiasi

3. Tidur di kursi

jaga tps (sumber: twitter.com/eki_saputro)

Sudah sewajarnya dengan pemilu serentak menggabungkan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden akan membuat petugas merasa kelelahan. Hal ini juga terlihat dari potret bapak yang tertidur di atas.

Bapak tersebut tidur di kursi karena tidak bisa menahan kantuk yang sangat amat menderanya. Lucunya bapak ini memakai kantong kresek di kepalanya.

4. Tidur hanya dengan alas seadanya

jaga tps (sumber: twitter.com/sheilafebrii)

Waktu tidur yang bergantian menjadi syarat mutlak dalam menjaga kotak suara. Seperti terlihat oleh foto di atas dimana ada yang berjaga dan ada yang tertidur. Prihatinnya tidur mereka hanya beralaskan kardus saja. Tidak terbayang sedingin apa tidur disana, ditambah tidur bergantian yag tentunya tidak akan tercapai tidur yang berkualitas.

5. Berjoget untuk hilangkan bosan

Seperti diketahui menjaga kotak suara agar tetap aman adalah sesuatu yang membosankan. Namun apa jadinya bila cara untuk menghilangkan rasa bosan itu dengan menjoget? Hal itu coba dilakukan oleh aparat polisi yang menjaga kotak suara. Jogetan polisi ini sungguh lucu dan mengibur. Mungkin dengan cara demikian, polisi tersebut akan terhindar dari rasa bosan karena menjaga kotak suara.

Respon Netizen

Totalitas petugas jaga suara dalam menjalankan tugasnya patut diapresiasi. Tak sedikit netizen yang memberikan apresiasi terhadap kerja keras para petugas. Adapun respon netizen melihat potret-potret di atas sebagai berikut.

"Ya ALLAH,,sehat selalu ya bpk" terima kasih atas kerja keras nya" tulis akun @alharbi5rania

"Lindungi dan jaga mereka ya Allah.. lindungi dan jaga jg bangsa Indonesia ya Allah dri orang2 atau oknum2 yg ingin memecah belah bangsa.. Aminnn" tulis akun @getihlaskar

"kok w seneng liat si bapak joged yeee kek bagus ae gituu kerennn" tulis akun @rahmatika_fsyah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ungkap Sisi Romantismu Berdasarkan Pilihan Pasangan Paling Bahagia

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengalami kisah percintaan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik. Meski demikian, konsep cinta itu sendiri sesuatu yang dalam dan sulit untuk dijelaskan.

Nah, seperti apa sebenarnya sifat romantis yang kamu miliki? Pilihan pasangan paling bahagia dapat mengungkap sifat romantis, terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni komentar warganet bikin ngakak terkait Sandiaga Uno menghilang.

Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai Nicholas Saputra yang menghapus foto selfie usai mencoblos.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Mana Pasangan Paling Bahagia, Pilihanmu Ungkap Sifat Romantismu

Ilustrasi hubungan cinta pasangan bahagia (iStockphoto)

Tes berikut ini akan menguji seperti apa sebenarnya sifat romantis yang kamu miliki. Caranya gampang, kamu cukup memilih mana yang menurutmu pasangan paling berbahagia.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

2. Sandiaga Uno Menghilang, Warganet: Lagi Ngobrol Sama Bu Nurjanah

Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno melambaikan tangan setibanya di TPS 002 Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk menggunakan hak politiknya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/4). Pemilu 2019 terdiri dari Pilpres dan Pileg yang diselenggarakan secara serentak (Liputan6.com/Johan Tallo)

Usai pengumuman hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019, calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno, hingga kini menjadi sorotan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Selengkapnya...

 

3. Tepati Janji, Nicholas Saputra Hapus Foto Selfie Nyoblos

Nicholas Saputra (Foto: Instagram)

Nicholas Saputra menepati janjinya menghapus foto selfie usai nyoblos setelah 24 jam berlalu. Kalau kamu membuka akun Instagramnya, @nicholassaputra, kamu tak akan menemukan lagi foto tersebut.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Memahami Hak dan Kewajiban Saat Meminjam Uang Secara Online

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemajuan teknologi saat ini bak pisau bermata dua, di mana bisa memberikan keuntungan atau kerugian. Hal tersebut juga terjadi pada aplikasi Peer2Peer Lending (P2P Lending) yang tumbuh bak cendawan di musim hujan.

Akan merugikan ketika kita meminjam di P2P ilegal, tetapi apabila menggunakannya dengan tepat akan membantu siklus keuangan kita.

Banyak contoh kasus yang sudah terjadi bagaimana kasarnya tim collection P2P fintech ilegal melakukan penagihan. Akses ke nomor kontak di ponsel pelanggan terkadang membuat tim collection melakukan panggilan ke semua nomor yang ada di phone book. 

Padahal, orang yang dikontak tersebut tidak ada hubungan apa-apa dengan pelanggan. Saat ini, masih banyak peminjam online yang belum terlalu memahami hak dan kewajibannya saat meminjam online.

Startup di bidang fintech, Finmas, memiliki regulasi jelas sehingga tidak menyulitkan peminjam untuk memenuhi kewajiban dan mendapatkan haknya sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Masyarakat belum terlalu memahami hak dan kewajiban sebagai peminjam. Sudah sepantasnya setiap bagian dari peminjam memahami apa saja hak dan kewajibannya sebagai peminjam online," kata Peter Lydian, Presiden Direktur Finmas, melalui keterangannya, Jumat (19/4/2019).

Kejadian seperti ini, Peter melanjutkan, tentu tidak akan terjadi apabila pelanggan fintech P2P lending memahami hak dan kewajibannya.

"Minimnya tingkat literasi keuangan di Indonesia membuat banyak pelanggan P2P lending asal melakukan pinjaman melalui aplikasi P2P lending ilegal," tuturnya.

 

Tiga Hal Penting

Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Di sisi lain, OJK telah meresmikan AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) sebagai wadah berkumpulnya fintech P2P lending.

Kehadiran AFPI tentunya menjadi salah satu milestone literasi keuangan terkait P2P lending. Tetapi yang paling penting adalah sosialisi mengenai bahaya yang akan timbul apabila calon pelanggan tidak memahami apa yang menjadi hak dan kewajiban mereka.

Pertama, tentunya yang paling penting adalah melakukan pinjaman pada fintech P2P lending yang sudah terdaftar oleh OJK. Dengan terdaftar di OJK, ada ketentuan yang sudah diatur oleh OJK, misalnya cicilan sesuai tenor yang disepakati kedua belah pihak.

Kedua, pelanggan harus mengetahui haknya saat melakukan pinjaman. Mulai dari hak mendapatan kenyamanan dalam meminjam, sampai hak untuk mendapatkan advokasi hukum apabila terkait sengketa pinjaman dengan perusahaan P2P lending.

Ketiga adalah kewajiban konsumen ketika mendapatkan pinjaman. Konsumen diwajibkan membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur terkait pinjaman yang mereka lakukan. Selain itu konsumen juga berkewajiban memiliki itikad baik untuk melakukan pelunasan atas pinjaman yang mereka lakukan.

Kesadaran atas ketiga hal itu menjadi wajib untuk pengguna atau nasabah P2P lending. Ingat, tentunya yang paling penting adalah jangan pernah meminjam dari fintech P2P lending ilegal.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecam Homofobia, Warga Berciuman di Pusat Kota Bogota

Posted: 18 Apr 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kecam homofobia dan diskriminasi, warga Kolombia melakukan protes dengan berciuman di pusat kota Bogota.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: