Jumat, 08 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Albertini: Trofi Liga Italia Harga Mati Buat AC Milan

Posted: 08 Sep 2017 09:30 PM PDT

Tak ada kata lain selain merebut trofi Liga Italia bagi AC Milan. Demikian dikatakan eks pemain AC Milan, Demetrio Albertini menyikapi aksi AC Milan memboyong 10 pemain baru di bursa transfer musim panas ini.

"Tidak boleh ada alasan atau pengecualian. Para pemain harus berpikir mereka bisa memenangkan trofi Liga tahun ini dan berusaha mencapainya dengan rasa percaya diri," kata Albertini seperti dilansir Soccerway.

AC Milan jadi klub yang paling aktif di bursa transfer musim panas ini setelah memboyong 10 pemain baru ke San Siro. Beberapa nama yang didatangkan antara lai Leonardo Bonucci dari Juventus, Hakan Calhanoglu dari Hamburg SV, dan Andre Silva dari FC Porto.

Tujuan dari pembelian besar-besaran ini jelas yaitu membawa AC Milan kembali ke puncak kejayaan. Sejak terakhir kali meraih trofi juara Liga Italia pada musim 2011/12, pamor AC Milan terus meredup.

Jangankan bersaing merebut scudetto, untuk meraih tiket ke Liga Champions saja, para pemain AC Milan harus memeras keringat.

Bagi Albertini, para pemain AC Milan kini harus melupakan masa-masa sulit tersebut. Ia meminta para pemain untuk menanamkan mental juara agar kembali berjaya.

"Saya percaya jika Anda ingin proyek Anda sukses, Anda harus menjaga mentalitas pemenang dan kemudian mengevaluasi kesulitan yang muncul setelahnya di akhir musim," ujar Albertini.

"Memang benar, klub telah berubah dan kecil kemungkinan akan kesulitan kembali. Bisa juga klub ini gagal lagi, namun di lain sisi ini adalah AC Milan, klub besar dengan sejarah dan stadion yang megah," kata Albertini mengakhiri.

Sampai pada pekan kedua, AC Milan masih duduk di peringkat empat klasemen sementara dengan 6 poin. Pada pekan ketiga, Minggu (10/9/2017), AC Milan akan bertandang ke Stadio Olimpico untuk menantang Lazio.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Michelle Ziudith Tak Mau Kalah Akting dari Artis Spanyol

Posted: 08 Sep 2017 09:30 PM PDT

Michelle Ziudith merasa tertantang bermain dalam film One Fine Day garapan rumah produksi Screenplay Film. Hal itu karena dalam film tersebut tak hanya diisi oleh pemain dari Indonesia, tapi ada beberapa artis dari Spanyol yang ikut terlibat.

Tak mau kalah, Michelle Ziudith berusaha menunjukan kemampuan terbaiknya dalam film yang juga dibintangi oleh Jefri Nichol dan Maxime Bouttier itu.

Para bitnang film One Fine Day, Michelle Ziudith, Jefri Nichol dan Maxime Bouttier. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Aku merasa tertantang pas syuting. Kan syuting ada artis Barcelona. Jadi lihat akting mereka 'oh gitu' kayak enggak mau kalah," ujar Michelle Ziudith, di acara rillis official trailer dan poster film One Fine Day, di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Menurut Michelle Ziudith, akting artis Indonesia dan Spanyol sama-sama baik. Apalagi, dalam film yang rencananya akan tayang 12 Oktober 2017 itu, Michelle Ziudith tampil sebagai pemeran utama dan wajib menunjukan performa terbaiknya.

"Mereka artis Barcelona dengan kita sama saja. Ini kan film yang aku mainkan, jadi aku harus lebih baik," sambung bintang film London Love Story ini.

Selain itu, Michelle Ziudith yang berperan sebagai Alana, harus mengubah penampilannya yang tak seperti biasanya. Michelle yang selama ini dikenal memiliki rambut lurus, harus diubah menjadi keriting demi film yang disutradarai Asep Kusdinar ini.

Michelle Ziudith (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Saya berperan sebagai Alana harus melakukan banyak hal untuk ubah tampilan. Karakter dia blasteran sudah lama tinggal di Barcelona. Dandan kayak cewek Spanyol. Lifestyle Alana kaum elite Spanyol. Cat rambut, tanning, keriting, banyak hal saya lakukan untuk film One Fine Day," kata Michelle Ziudith.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ulang Tahun, SBY Nyanyikan 4 Lagu Koes Plus

Posted: 08 Sep 2017 09:24 PM PDT

Mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-68 bersaman dengan HUT ke-16 Partai Demokrat.

Usai memberikan sambutan dan pemotongan tumpeng, SBY mendapatkan kejutan kue ulang tahun dengan angka 16 dan warna seperti bendera Partai Demokrat.

Kue yang berukuran 50x50 centimeter itu juga berhiaskan boneka mirip SBY dan istrinya Ani Yudhoyono dengan mengenakan pakaian biru khas Partai Demokrat.

Usai pemotongan kue yang didampingi kedua anaknya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istri dan anaknya langsung memasuki kediamannya.

Namun tidak berlangsung lama, SBY ditemani istri dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan turut bernyanyi bersama para tamu undangan.

 Usai memberikan sambutan dan pemotongan tumpeng, SBY mendapatkan kejutan kue ulang tahun berlambang angka 16 dengan warna seperti bendera Partai Demokrat.

SBY kemudian menyanyikan empat lagu dari group band legendaris Indonesia, Koes Plus. Masing-masing lagu berjudul Manis dan Sayang, Bujangan, Bus Sekolah dan Desember.

"Kalau lagi enggak punya uang, kempes, inget lagu ini, Bujangan," ucap SBY di kediamannya Cikeas, Bogor, Sabtu (9/9/2017) pagi.

Tepuk tangan dan teriakan tamu undangan juga mewarnai saat SBY menyanyikan lagu itu. Tampak istrinya dan tamu lainnya ikut serta menyanyikan lagu pilihan SBY itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Partai Demokrat dirayakan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Perayaan juga bertepatan dengan HUT SBY yang ke-68.

Pantauan Liputan6.com, tamu undangan serentak mengenakan pakaian serba biru. Acara pun diselenggarakan pukul 07.00 WIB dengan diawali sambutan SBY dan dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan ramah-tamah.

Para petinggi dan keluarga SBY duduk di barisan paling depan dan diikuti oleh beberapa kader dan simpatisan lainnya.

Dalam perayaan tersebut juga terlihat Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Ani Yudhoyono, mantan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Roy Suryo, Qomar, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto, mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Syarief Hasan.

Acara diselenggarakan di halaman pendopo rumah SBY. Tampak pula beberapa gerobak makanan rakyat, seperti ketoprak, soto, hingga makanan lainnya untuk disajikan kepada para tamu undangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Irma Menuju Florida, Berpotensi 'Menghancurkan'

Posted: 08 Sep 2017 09:23 PM PDT

Badai Irma masih mengancam Amerika Serikat. Kini, badai itu tengah menuju Florida setelah memporak-porandakan Karibia dan Kuba. 

Kekuatan Badai Irma masih dalam Kategori 5. Kecepatan angin pun tak menunjukkan tanda-tanda menurun. Ia tetap berada di 155 mph atau sekitar 249, 5 km per jam.

Kepala Federal Emergency Management Agency (FEMA) mengatakan, Badai Irma berpotensi menghancurkan. Entah itu Florida atau negara-negara bagian di pesisir Barat dan Tenggara AS.

Dikutip dari BBC pada Sabtu (9/9/2017), kepala FEMA, Brock Long mengatakan sebagian Florida akan gelap gulita tak terakses listrik untuk beberapa hari. Setengah juta orang di negara bagian itu diminta untuk evakuasi.

National Weather Service AS mengatakan, kecepatan angin Irma akan mencapai 270 km per jam pada akhir pekan ketika badai itu sampai ke Florida pada akhir pekan.

"Badai Irma terus menerus menjadi ancaman yang berpotensi menghancurkan pesisir barat AS entah itu florida atau negara bagian di tenggara," kata Long.

"Seluruh negara bagian di tenggara AS harus bersiap," tambahnya.

Gubernur Florida Rich Scott mengatakan, warganya agar bersiap menghadapi evakuasi, dan memberikan peringatan keras kepada mereka yang tetap berada di daerah yang terancam.

"Kami kehabisan waktu, jika Anda berada di zona evakuasi, Anda harus pergi sekarang," katanya kepada wartawan.

"Ingat, kita bisa membangun kembali rumah Anda, tapi kita tidak bisa membangun kembali hidup Anda," tegas Gubernur Scott. 

 

Badai Irma telah menghancurkan Karibia, membuat 1,2 juta orang hidup merana. Sementara korban tewas terus meningkat pada Jumat di Karibia. 

Menteri Dalam Negeri Prancis GĂ©rard Collomb mengatakan, sembilan orang tewas dan tujuh lainnya hilang di teritori Prancis di St Martin, sebuah pulau berbagi dengan Belanda, dan Barthelemy St, yang dikenal lebih umum sebagai St Barts.

Kematian lainnya, telah dikonfirmasi di wilayah Belanda Sint Maarten.

Pejabat Prancis mengatakan, enam dari 10 rumah di Saint-Martin rusak parah sehingga tidak bisa dihuni.

Konsulat Jenderal AS di Curacao mengatakan, pihaknya memperkirakan sekitar 6.000 orang Amerika terdampar di pulau itu.

Otoritas militer Prancis, Inggris dan Belanda telah mengerahkan bantuan -- termasuk kapal perang dan pesawat yang dilengkapi dengan makanan, air dan pasukan -- ke wilayah mereka.

Bagian dalam Bandara Princess Juliana di Karibia yang banjir akibat terjangan Badai Irma. (Twitter/bondtehond)

Di Pulau Burbuda, wartawan BBC Laura Bicker melaporkan kerusakan lebih parah daripada yang ditakutkan.

Jejak Badai Irma

Badai Irma menghancurkan pulau Turk dan Caicos membawa hujan deras di Dominika dan Haiti. Lalu ke Kuba dan Bahama.

Sekitar 50 ribu turis evakuasi keluar Kuba di mana sejumlah resor di pantai utara negara itu kini kosong melompong.

Berikut daftar jejak Irma dan kerusakan yang ditinggalkan badai itu:

- Pulau Turk dan Caicos: hancur lembur.

- Burbuda: Pulau kecil itu nyaris tak bisa ditinggali lagi. 95 persen gedung-gedung rusak. Perdana Menteri Antigua dan Barbuda Gaston Browne mengestimasi rekonstruksi mencapai US$100 juta. Satu orang tewas di pulau ini.

- Anguilla: Badai Irma menyebabkan infrastruktur rusak parah dan satu orang tewas.

- Puerto Rico: lebih dari 6.000 residen di teritori AS itu kini tinggal di penampungan. Sebagian listrik padam. Setidaknya tiga orang tewas.

- British Virgin Island: Rusak parah

- Virgin Island AS: infrastruktur rusak parah. Korban tewas empat orang.

- Haiti dan Dominika: kedua negara ini dihampiri badai, namun tidak terlalu parah seperti yang diperkirakan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Cinta Terlarang Aditya Pancholi dan Kangana Ranaut

Posted: 08 Sep 2017 09:20 PM PDT

Kangana Ranaut mungkin saat ini dikenal sebagai artis yang memiliki mulut tajam. Karena ucapannya, banyak artis lain yang merasa tersinggung dan bahkan sampai sakit hati.

Belum hilang ingatan dengan pernyataan Kangana Raut yang menyebut Hrithik Roshan sebagai sang mantan. Tak terima dengan ucapan tersebut, Hrithik Roshan bahkan sampai melaporkan Kangana ke polisi.

Namun, dari situ kemudian terungkap bahwa Hrithik Roshan dan Kangana Ranaut memang pernah memiliki hubungan spesial. Malahan hal itu diduga menjadi penyebab perceraian Hrithik Roshan dengan Sussanne Khan, yang telah menikah selama 13 tahun.

Kangana Ranaut

Tidak sampai di situ, orang yang dibikin kebakaran jenggot atas pernyataan liar Kangana Raut kali ini adalah aktor senior Aditya Pancholi. Kangana menyebut pernah memiliki hubungan spesial dengan aktor 52 tahun tersebut, saat ia baru berusia 17 tahun.

Tak sampai di situ, Kangana Ranaut bahkan membeberkan dirinya sempat menerima tindakan kekerasan dari sang aktor. Ketika ia meminta bantuan kepada istri Aditya Pancholi, Zarina Wahab, bintang film Queen tersebut sama sekali tak ditanggapi.

Aditya Pancholi bereaksi keras atas pernyataan Kangana Ranaut. Ayah dari aktor muda Sooraj Pancholi itu membantah semua yang diucapkan Kangana Raut. Ia bahkan menyebut Kangana perempuan gila.

Aditya Pancholi bersama isti Zarina Wahab dan putranya, Sooraj Pancholi. (Magna Publishing)

Aditya Pancholi boleh membantah apa yang disampaikan Kangana Ranaut. Namun pada 2008, Aditya Pancholi sendiri sempat mengungkapkan kisah asmaranya dengan Kangana Ranaut. Ia mengungkapkan betapa ia telah tergila-gila dengan Kangana, hingga akhirnya ia merasa tertipu dan hidupnya hancur karena perempuan tersebut.

"Kami seperti suami istri. Saya sebenarnya tengah membangun sebuah rumah untuk kami tempati bersama," kata Aditya Pancholi saat itu, seperti dikutip dari Indiatoday.in.

Aditya Pancholi kemudian mengungkapkan kisah awal pertemuannya dengan Kangana Ranaut. Menurut Aditya, saat itu, Kangana Ranaut gadis manis yang meminta bantuan kepadanya untuk menjadi seorang artis Bollywood.

"Kangana tidak punya uang sepeser pun saat menemui saya. Saya melihatnya pertama kali di jalan, dia hampir mengalami gangguan saraf, 27 Juni 2004. Dia basah kuyup dan duduk di atas sepeda dengan seorang pria dari Asha Chandra Acting Institute. Tiba-tiba, dia datang dan berkata 'hi' dengan hangat kepadaku. Saat dia bilang dia Kangana, aku teringat sesorang teman telah meminta saya untuk membantunya saat tiba di Mumbai," beber Aditya Pancholi.

Setelah itu, Kangana Ranaut intens menemui Aditya Pancholi. "Awalnya dia adalah seorang gadis kota kecil yang manis, saya jatuh cinta padanya," ujar Aditya Pancholi, yang cukup terkenal dengan peran antagonisnya.

Kangana Ranaut dan Aditya Pancholi (primenews.com.bd)

Dari perasaan cinta itu, Aditya kemudian melakukan segalanya untuk kesenangan sang kekasih. Sampai pada akhirnya ia curiga kalau Kangana telah membohonginya dan sang kekasih memiliki hubungan dengan pria lain.

"Saya sedang membangun rumah untuk kami berdua, bahkan telepon yang dia gunakan itu milik saya. Lalu suatu hari dia bercerita tentang orang yang mengganggunya. Ketika saya meminta tagihan telepon, dunia saya seperti terbalik. Nomor pria yang sama berulang-berulang kali dalam tagihan. Dia berbicara dengan orang ini selama 5.000 menit dalam sebulan."

"Mengapa dia memanggil seorang pria yang dia klaim sedang mengganggu dia? Saya seharusnya sudah diberi peringatan, tapi saya benar-benar tersirap olehnya," ujar Aditya Pancholi.

Keadaan semakin kacau setelah Kangana kembali dari Afrika Selatan untuk syuting film Shakalaka Boom Boom pada 2007. Aditya Pancholi rupanya cemburu dan menuduh Kangana Ranaut telah terlalu dekat dengan aktor lain. Ia pun melakukan kekerasan terhadap Kangana.

"Setelah dia kembali, saya membacakan pesan yang ia kirim ke antor lain. Dan saya ingat bahwa kata-kata yang dia gunakan untuk aktor ini juga digunakan olehnya saat dia memanggil saya dari Afrika Selatan. Itulah pertama kalinya saya memukulnya, kami bertengkar," ujar Aditya Pancholi.

Hrithik Roshan dan Kangana Ranaut

Menurut Aditya Pancholi, selama ia mengenal Kangana Ranaut, ia seperti tersirap dan semua kemuan sang kekasih ia turuti. Sampai-sampai, ia telah kehilangan banyak uang karena hubungan tersebut.

"Beberapa waktu yang lalu dia menghungi saya untuk meminta uang sekitar Rs 1 crore (sekitar Rp 2 miliar) untuk membeli rumah. (Ini setelah dia melaporkan saya ke polisi). Saya memanggil seorang teman bankir dan saya menjadi penjaminnya. Dia mendapat pinjaman sebesar Rs 50 lakh (Sekitar Rp 1,04 miliar). Kemudian, saya memberinya uang Rs 55 lakh dari kantong saya. Dia telah mengembalikan Rs 25 lakh, dia masih berutang dengan saya sebesar Rs 30 lakh (sekitar Rp 625 juta)," katanya.

 

Tonton video pilihan di bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Pakai Bek yang Sering Blunder Hadapi Liverpool

Posted: 08 Sep 2017 09:15 PM PDT

Manchester City  akan tampil melawan Liverpool, Sabtu (9/9/2017) tanpa diperkuat bek sekaligus kapten Vincent Kompany yang cedera. Manajer Manchester City , Pep Guardiola menyiapkan Eliaquim Mangala untuk membendung alur serangan The Reds ke jantung pertahanan City.

"Dia ada di sini karena dia ingin bermain dan punya sikap yang bagus untuk bermain," ujar Guardiola seperti dilansir Soccerway.

Kompany terpaksa absen dari laga ini karena cedera saat membela timnas Belgia pada laga Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa, tengah pekan lalu. Padahal, Kompany sendiri baru saja sembuh dari cedera otot kambuhannya.

Guardiola mengatakan, meski kerap blunder, ia percaya pada kualitas Mangala. Mantan pelatih Barcelona ini pun akan membantu bek asal Prancis itu memperbaiki kekurangannya.

Mangala didatangkan Manchester City  dari FC Porto pada Agustus 2014. Awalnya performa bek berusia 26 tahun ini mengesankan.

Sayangnya, Mangala kerap melakukan blunder di beberapa laga penting. Alhasil, ia pun dipinjamkan ke Valencia musim lalu.

"Kami akan membantunya sedikit agar dia berkembang. Saya tahu kualitasnya. Dia bek yang tangguh," kata Guardiola.

"Saya berbicara dengan Mangala jelang akhir bursa transfer dan saya katakan dia adalah bagian dari tim ini dan dia harus meraih kepercayaan diri saya," ujar Guardiola mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TPF PBB Harap Myanmar Beri Akses ke Rakhine

Posted: 08 Sep 2017 09:12 PM PDT

Mantan Jaksa Agung Marzuki Darusman yang ditunjuk Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai Tim Pencari Fakta (TPF) PBB di Rakhine menegaskan, persoalan muslim Rohingya bukan lagi masalah internal Myanmar. Karenanya, dia meminta dukungan dari seluruh elemen untuk mengungkap dugaan kejahatan kemanusiaan yang terjadi selama bertahun-tahun ini.

"Ini tidak bisa dipandang lagi sebagai masalah domestik tapi internasional yang sekarang ini memerlukan kerja sama dari semua pihak," kata Marzuki di Kantor PP Muhamadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 8 September 2017.

Saat ini, menurut Marzuki, akses masuk ke Rakhine masih terkendala. Myanmar masih sangat selektif memberi akses kepada siapa saja untuk menembus ke negara bagian tersebut.

"Kita harap Myanmar memberikan akses karena TPF akan masuk dan melakukan penelitian dengan pikiran terbuka tanpa praduga dan prasangka. Dan hanya diarahkan oleh fakta yang ditemukan," ujar Marzuki.

Soal sanksi, bila mana benar ditemukan kejahatan kemanusiaan di Rakhine, Marzuki belum bisa memastikan apa hukumannya. Menurutnya, sanksi harus dibicarakan oleh anggota PBB lain.

"Itu wewenang dari Dewan HAM PBB yang beranggota 50 lebih negara. Dan itu tentunya merujuk pada rekomendasi yang diberikan TPF sejauh mana dugaan pelanggaran HAM itu ada atau tidak, sebagai tindak lanjut selanjutnya," kata Marzuki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Duta Besar Indonesia untuk Myanmar, Ito Sumardi menyebut tuntutan memutus hubungan diplomatik dengan Myanmar tak masuk akal. Pemerintah Indonesia justru tak bisa terlibat dalam penyelesaian konflik dan penyaluran bantuan kemanusiaan ke pengungsi Rohingya jika tak memiliki hubungan diplomatik.

"Gampang kalau bilang putuskan hubungan, tapi kaitannya apa. Kita tak perang dengan Myanmar, tak ada masyarakat kita yang diperangi oleh mereka," kata Ito di Malang, Jawa Timur, Jumat 8 September 2017.

Pemerintah Indonesia, kata Ito, sudah menjalin kesepakatan dengan pemerintah Myanmar dan Bangladesh terkait penyaluran bantuan kemanusiaan ke pengungsi Rohingya.

Kesepakatan itu malah bisa batal jika ada negara yang merasa tak nyaman lantaran menganggap ditekan. Atau ada sesuatu yang bisa menyinggung harga diri negara tersebut.

"Sebagai negara berdaulat, kalau merasa tersinggung harga dirinya dan malah menutup diri kita bisa apa. Tentu akan semakin menyulitkan kita untuk menyampaikan pesan dan bantuan kemanusiaan," papar Ito.

Ito menambahkan, ada dua menteri Myanmar yang menghubunginya dan menanyakan adanya aksi lempar bom molotov sampai pembakaran bendera mereka di depan kantor Kedutaan Myanmar di Jakarta. Hal itu dikhawatirkan mengganggu proses diplomasi yang sedang dibangun pemerintah Indonesia.

"Mereka protes. Coba misalnya ada pembakaran bendera di depan kedutaan kita, pasti rakyat Indonesia marah. Saya beri pemahaman ke mereka bahwa itu tak merepresentasikan warga yang berdemo, itu hanya sebagian kecil saja," ungkap Ito.

Menurutnya, pemerintah Indonesia bersimpati dengan etnis Rohingnya, maka pesan yang disampaikan harus dengan cara simpatik. Fakta bahwa tak ada sentimen agama dalam konflik antara etnis Rohingya dengan pemerintah Myanmar disebut sering sulit diterima oleh beberapa elemen kelompok masyarakat.

"Kecuali ada perlakuan yang serius ke KBRI di Myanmar atau masyarakat kita diperangi maka bisa kita putuskan hubungan," ucap Ito.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Fakta dan Mitos Baterai Smartphone Bikin Penasaran

Posted: 08 Sep 2017 09:09 PM PDT

Informasi soal fakta dan mitos seputar baterai smarphone membuat para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com penasaran. Mungkin, hingga saat ini kamu masih bertanya-tanya bagaimana cara agar baterai smartphone bisa berumur panjang.

Berita lain yang tak kalah menarik datang dari tips bagaimana caranya untuk menjadi seorang astronot. Lebih lengkapnya simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Wajib Tahu, Ini 5 Mitos Baterai Smartphone

Tak sedikit pengguna smartphone sampai sekarang bertanya-tanya bagaimana cara agar baterai perangkatnya awet alias punya umur panjang. Wajar saja, baterai dianggap sebagai 'jantung' smartphone.

Baterai ponsel meledak

Baterai sendiri adalah salah satu dari banyaknya masalah yang tak kunjung usai bagi pemilik smartphone. Banyak dari kita yang memiliki handset, bisa dipakai hingga bertahun-tahun. Sayang, baterai smartphone kebanyakan cuma bisa bertahan paling sebentar dalam hitungan bulan.

Nah, lithium-ion adalah jenis baterai yang diadopsi sejumlah vendor smartphone untuk memperkuat perangkatnya hingga lebih dari dua dekade, dan belum berubah sejak Sony mulai memproduksinya pada 1991.

Baca selengkapnya di sini 

2. NASA Ungkap Persyaratan Jadi Astronot, Tertarik?

Menjelajah luar angkasa dan melihat keindahan planet lain dari dekat adalah pengalaman langka. Untuk mencapainya, kita harus menjadi astronot. Namun banyak orang yang mengurungkan niatnya karena sejumlah alasan.

Misalnya saja seperti tidak tahu caranya, atau syarat yang dirasa sulit. Padahal, sulit bukan berarti tidak mungkin. Baru-baru ini, seorang astronot NASA bernama Tony Antonelli mengungkap tips untuk menjadi astronot.

Antonelli sudah bergabung dengan NASA sejak tahun 2000. Saat masih anak-anak, ia tidak menunjukkan tanda-tanda akan menjadi orang hebat. Tapi berkat semangat dan kemauan belajar, ia bisa menjadi astronot. Berikut tipsnya seperti dilanir dari The Sun:

Baca selengkapnya di sini 

3. 5 Case iPhone Termahal Sepanjang Masa

Selain aman melindungi perangkat dari goresan atau saat jatuh, case iPhone kini semakin banyak pilihan di pasaran. Motifnya juga sangat lucu dengan berbagai macam harga.

Nah, biasanya pengguna wanita memiliki lebih dari satu sampul/sarung (case) iPhone. Namun, bukan berarti pengguna pria yang menggunakan case, lho.

Kalau iPhone juga punya versi termahal, demikian juga dengan case iPhone. Pasti kamu penasaran seperti apa rupa case iPhone yang harganya bisa lebih mahal dari ponsel yang kamu pakai.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Sri Mulyani Dapat Tawaran Jadi Cawapres

Posted: 08 Sep 2017 09:03 PM PDT

Dalam acara Diklat Komunikator Politik Nasional Partai Golkar, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, tidak lepas dari pujian para politikus Partai Pohon Beringin itu. Mereka membidik Sri Mulyani menjadi komunikator Partai Golkar dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI di 2019.

Sri Mulyani datang ke acara tersebut dalam kapasitas sebagai Menkeu untuk menyampaikan materi "Dinamika Geopolitik dan Geoekonomi Global" di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat malam (8/9/2017).

Dalam paparannya, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menjelaskan kondisi ekonomi dunia dan Indonesia sekarang ini. Mulai dari perdagangan internasional, kemiskinan, perpajakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen fiskal sampai kepada perubahan iklim dan terorisme.

Pemaparan tersebut mengundang kekaguman Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Muhammad Sarmuji, yang saat itu bertindak selaku moderator. Sarmuji memandang jabatan Menkeu bagi seorang Sri Mulyani terlalu sempit.

"Kalau Bu Sri Mulyani menjadi komunikator Partai Golkar pasti luar biasa. Jabatan Menkeu sudah terlalu sempit buat Sri Mulyani," kata
Anggota Komisi XI itu.

Anggota Golkar lain bahkan menyebut Sri Mulyani layak menjadi calon pemimpin Indonesia. Pujian itu dilontarkan karena Sri Mulyani bersama tim Kementerian terkait berhasil membawa Indonesia menguasai 51 persen saham PT Freeport Indonesia.

"Lima puluh tahun dikuasai asing, Ibu hebat bisa menundukkan Freeport. Ibu adalah calon pemimpin di masa depan negara ini," katanya.

Mendengar pujian yang bertubi-tubi ini, Sri Mulyani tidak berkomentar apa pun. Ia hanya tersenyum lebar dengan pernyataan tersebut sambil terus menyimak pertanyaan dari para Anggota Partai Golkar.

Untuk diketahui, Golkar mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) di periode 2019-2024. Partai tersebut mulai membidik cawapres sebagai pendamping Jokowi untuk maju di pemilihan umum 2019. Salah satu nama yang santer disebut-sebut adalah Sri Mulyani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Majalah Keuangan Hong Kong, Finance Asia, menobatkan Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik pada Maret 2017. Penghargaan ini diberikan atas penilaian kerja Sri Mulyani yang dianggap memiliki reputasi bintang dan etos kerja yang gigih. Finance Asia juga menggarisbawahi keberhasilan Sri Mulyani memperbaiki sistem perpajakan Indonesia lewat program pengampunan pajak atau tax amnesty.

Mengutip financeasia.com, Sri Mulyani dinilai mampu memperbaiki kondisi keuangan Indonesia yang menurun pada enam bulan pertama 2016. Sejak kembali duduk di kabinet pemerintahan, ia mampu mengurangi target defisit fiskal yang tadinya dikhawatirkan menembus angka 3 persen.

"Di enam bulan pertama 2016, pemerintah Indonesia kewalahan. Pendapatan pemerintah turun 5 persen dan kemungkinan adanya defisit fiskal hingga 3 persen tampak nyata. Namun, setelah Sri Mulyani duduk di kursi Menteri Keuangan, pemerintah mampu memperbaiki keadaan hingga pada akhir 2016 defisit fiskal hanya 2,5 persen dari PDB," tulis laporan tersebut.

Keberhasilan tax amnesty juga menjadi penilaian plus tersendiri atas kerja keras Sri Mulyani sebagai menteri keuangan. Pada akhir 2016, sebanyak Rp 103 triliun pengembalian pajak mampu dikumpulkan dengan adanya program ini. Angka tersebut jauh melebihi proyeksi Bank Indonesia.

Sebelum bergabung menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Kerja, Sri Mulyani pernah menjabat di posisi yang sama pada tahun 2005-2009 sekaligus merangkap sementara sebagai Menteri Koordinator Perekonomian pada 2008-2009 menggantikan Boediono yang kala itu maju sebagai wakil presiden mendampingi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono SBY.

Pada periode 2008-2009, perekonomian dunia terpuruk hingga minus 1,7 persen. Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu bertahan di atas 4 persen.

Masih banyak prestasi yang ditorehkan Sri Mulyani, sehingga ketika purnatugas menjadi Menteri Keuangan, ia didapuk sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer World Bank. Ia akhirnya diminta pulang ke Tanah Air untuk membantu Kabinet Kerja Jokowi-Jk Jilid II sebagai Menteri Keuangan.

Sri Mulyani juga masuk sebagai perempuan paling berpengaruh ke-31 versi majalah Forbes pada 2015.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sodomi Anak Kandung 623 Kali, Ayah Asal Malaysia Dibui 48 Tahun

Posted: 08 Sep 2017 09:03 PM PDT

Seorang pria asal Malaysia harus mendekam dipenjara selama 48 tahun akibat perbuatan yang ia lakukan. Dalam sebuah pemeriksaan yang dilakukan oleh kepolisian setempat, pria berusia 36 tahun tersebut terbukti melakukan kekerasan seksual berupa sodomi kepada anak perempuannya.

Dikutip dari laman Straits Times, Sabtu (9/9/2017), pria tersebut diketahui telah melakukan praktik kejinya sebanyak 623 kali.

Hakim dari pengadilan negeri yang khusus menangani masalah kekerasan seksual, Yong Zarida Sazali, mengatakan pihaknya telah menjatuhkan hukuman penjara kepada pelaku yang telah melecehkan anak kandungnya yang masih berusia 15 tahun.

Tersangka, yang tak disebutkan identitasnya itu, disebutkan telah melakukan kekerasan seksual kepada putrinya hingga tiga kali sehari. Perbuatan itu dia lakukan sejak Januari hingga Juli 2017.

Dari rentang waktu tesebut, pelaku hanya dua kali absen, yaitu sebelum memasuki bulan suci Ramadan dan hari pertama puasa.

Seluruh tindakan ini terjadi di apartemen tempat mereka tinggal di kawasan Petaling Jaya.

Menurut fakta persidangan, ada hal miris yang sempat dialami oleh korban. Pada saat keluarganya tengah melakukan ibadah umrah pun, sang ayah masih tetap melakukan aksi kejinya. Kala itu, mereka menginap di sebuah hotel di kota Mekah.

Setelah menahan rasa sakit dan gangguan psikologis, korban melaporkan segala tindakan sang ayah kepada ibu kandungnya, yang telah bercerai dengan sang suami dua tahun lalu.

Dalam hukum Negeri Jiran, pelaku didakwa pelanggaran terhadap pasal 623 dan dijatuhi hukuman penjara selama 48 tahun.

 

Agustus lalu, seorang pria di Malaysia diancam hukuman penjara selama 12 ribu tahun setelah diduga melakukan tindak kekerasan seksual kepada anak perempuannya.

Hukuman tak biasa ini diberikan kepada pelaku karena dilaporkan telah melecehkan sang anak sebanyak lebih dari 600 kali.

Dikutip dari laman Independent, pengadilan tinggi di Kuala Lumpur menghabiskan waktu selama dua hari hanya untuk membacakan 646 tuduhan kepada pria berusia 36 tahun yang diketahui telah bercerai dengan sang istri.

Kejadian tersebut bermula ketika pelaku tinggal bersama putrinya yang masih berusia 15 tahun. Selama enam bulan terakhir, pelaku diketahui tinggal bersama korban dan melancarkan aksi bejatnya secara diam-diam.

Terdakwa yang tak disebutkan namanya itu menolak segala tuduhan yang dilayangkan kepada dirinya.

"Ia didakwa dengan hukuman penjara lebih dari 12 ribu tahun," ujar Aimi Syazwani, wakil jaksa penuntut umum.

Setiap tuduhan tindak kekerasan seksual, terdakwa dapat dikenai hukuman penjara maksimal 20 tahun serta hukuman cambuk. Dengan total 646 tuduhan, pihak JPU mengakumulasi hukuman menjadi 12 ribu tahun penjara.

Pria yang bekerja dalam bidang investasi ini ditangkap pada Juli lalu setelah ibu korban melapor tindak terpuji yang dilakukan oleh mantan suaminya.

Kasus ini sengaja dilimpahkan kepada pengadilan khusus yang menangani masalah kekerasan seksual terhadap anak. Pengadilan ini berfokus pada beberapa pelanggaran, seperti pornografi anak, penelantaran anak, dan kekerasan seksual terhadap anak.

  

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Motif Guru Bikin Siswa Minum Racun

Posted: 08 Sep 2017 09:01 PM PDT

Motif penghinaan guru terhadap seorang siswa sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Desa Todanara, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), akhirnya terkuak.

Siswa berinisial FK itu mencoba bunuh diri dengan minum racun rumput setelah diduga mengalami bullying atau perisakan dari sang guru berinisial BB pada 31 Agustus 2017. Lantas, apa motifnya?

Ayah kandung korban, Yosep Lango (61), mengaku anaknya yang berumur 16 tahun tersebut dihina lantaran sang guru tak terima kakak korban berpacaran dengan anak pelaku.

Pada 28 Agustus 2017, kakak dari FK ke mes guru tersebut dan bertemu dengan anak pelaku bernama Natalia Sola, yang juga merupakan teman kelas FK. Hal inilah yang menyebabkan kemarahan BB.

"Kenapa FK yang dihina, apalagi sampai keluarkan kata-kata sadis di depan kelas dan itu dilakukan berulang-ulang," ucap Yosep kepada Liputan6.com di RSUD WZ Johannes, Kupang, beberapa hari lalu.

Menurut Yosep, racun yang ditelan anaknya tidak banyak karena sebagian disembur keluar. Proses pengobatan anaknya sudah menelan banyak biaya dan ditanggung sendiri. Dia meminta guru yang menghina anaknya turut bertanggung jawab.

"Saya minta dipecat karena tidak pantas jadi guru. Dia juga harus kembalikan seluruh biaya pengobatan anak saya," Yosep menambahkan.

Kepala Sekolah SMPN 2 Satap Waiwaru, Bernadus Atawadan, mengatakan pihak sekolah akan menggelar rapat dengan Komite Sekolah guna menentukan nasib BB. "Intinya pihak sekolah tetap memberi sanksi, yang paling berat dipecat," Bernadus menegaskan.

Guru yang diduga mengakibatkan sang murid mencoba bunuh diri dengan minum racun itu berstatus honorer. Bernadus pun pernah menegur guru itu lantaran kerap berperilaku kasar terhadap siswa.

"Yang bersangkutan pernah saya tegur, tetapi tidak diindahkan. Buktinya, salah satu siswa dirawat rumah sakit karena ulah dia," kata Barnabas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Seorang siswa SMP di Kabupaten Lembata, NTT, dilarikan ke rumah sakit setelah mencoba bunuh diri dengan minum racun usai dihina guru. (Liputan6.com/Ola Keda)

Sebelumnya, kasus perisakan nyaris merenggut nyawa seorang siswa SMP Negeri 2 Satu Atap Waiwaru, Desa Todanara, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Siswa berinisial (FK) itu dilarikan ke rumah sakit setelah mencoba bunuh diri dengan minum racun.

FK nekat menenggak cairan racun rumput karena merasa malu dihina oleh gurunya berinisial BB selama pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung.

"Sudah dua kali dia menghina saya. Pertama waktu saya bawa handphone ke sekolah. Kejadian ini dilakukan juga di depan kelas, di hadapan teman-teman," ucap FK kepada Liputan6.com, Sabtu, 2 September 2017.

Puncaknya pada 31 Agustus 2017, guru Bahasa Indonesia tersebut kembali menghina FK. Sang guru mengeluarkan kalimat hinaan yang membuat siswa kelas III SMP Satap Waiwaru tersebut merasa malu.

"Dia bilang saya punya rumah seperti kandang babi. Lalu, saya keturunan atau anak dari orangtua tidak jelas," tutur korban.

Tak hanya itu, sang guru juga menghina makanan yang dikonsumsi muridnya tersebut. "Makanan saya seperti makanan babi. Dia hina saya di depan murid lainnya dalam kelas. Selama pelajaran Bahasa Indonesia berlangsung," FK membeberkan.

Bahkan, saat pelajaran Bahasa Indonesia, guru itu bukan menjelaskan tentang materi pelajaran, melainkan terus menghina FK. Akibatnya, saat jam pelajaran usai, FK langsung kembali ke rumah dan nekat menenggak racun.

Beberapa siswi yang datang menjenguk FK di rumah sakit mengatakan, saat guru tersebut menghina korban, mereka semua ikut menangis. "Penghinaan itu terlalu sadis. Karena kasihan, kami ikut menangis dalam kelas," tutur salah seorang siswi yang meminta namanya tidak ditulis.

Terkait kasus perisakan yang berujung siswa nekat minum racun rumput, Kepala Sekolah SMPN 2 Satap Waiwaru, Bernadus Atawadan mengatakan, guru tersebut berstatus honorer. Dia pun pernah menegur guru itu karena kerap berperilaku kasar terhadap siswa.

"Yang bersangkutan pernah saya tegur, tetapi tidak diindahkan. Buktinya, salah satu siswa dirawat rumah sakit karena ulah dia," ujar Bernadus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Universitas Brawijaya Produksi Alat Deteksi Diabetes

Posted: 08 Sep 2017 09:00 PM PDT

Universitas Brawijaya (UB) Malang sedang memproses produksi alat diagnostic kit untuk mendeteksi secara dini penyakit diabetes militus (DM) secara massal pesanan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Sertifikat izin produksi massal akan keluar pada November 2017 yang akan diumumkan langsung oleh Kemenkes untuk diedarkan ke seluruh Indonesia. Sebab, UB sebagai Badan Layanan Umum (BLU) tidak bisa mengedarkan sendiri, sehingga diambil alih oleh Kemenkes," kata Direktur utama Biosains UB Prof Fatchiyah di Malang, Jawa Timur, Sabtu.

Selain bekerja sama dengan Kemenkes, UB juga kerja sama dengan Biofarma yang memesan sebanyak lima juta alat diagnostic per tahun.

Masyarakat sudah banyak yang minta karena alat ini akurat, namun UB akan memproduksi sekitar 2,5 juta alat per tahun.

Untuk peredaran alat deteksi dini DM tersebut, katanya, pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke Biofarma dan pihak swasta. Bahkan, alat tersebut sudah mendapat pesanan dari Madagaskar.

"Kami sekarang juga sedang melakukan negosiasi dengan Maroko yang ingin memegang kuasa pengedaran alat untuk seluruh Afrika," katanya.

Sebenarnya, lanjut Fatchiyah, Maroko meminta paten, tetapi UB tidak membolehkan.

"Alat ini dikembangkan oleh orang Indonesia, mulai dari riset hingga produksi. Kit tersebut diberi nama "Kit Diagnostik GAD65 Diabetes".

Kit Diagnostik GAD65 Diabetes, merupakan salah satu produk Laboratorium Biosains UB bekerjasama dengan PT Biofarma Bandung.

Produk ini, merupakan alat untuk mendeteksi penyakit diabetes secara dini untuk pasien "DM Tipe 1" berbasis "Reverse flow Immunochromatoghraphy" atau "Rapid Test Autoimmunue Marker autoantibodi GAD65".

Fatchiyah menjelaskan bentuk Kit Diagnostik GAD65 yang sederhana menjadikan cara pemakaian yang sederhana pula.

"Mirip alat tes kehamilan, dokter cukup memasukkan satu tetes darah pasiennya ke dalam kertas, kemudian kertas itu diberi tetesan cairan buffer dan tetesan cairan khusus dan hasil diagnosa berupa positif dan negatif diabetes pun akan muncul," kata Fatchiyah padaa saat peluncuran produk tesrebut, belum lama ini.

Sementara itu, Rektor UB Prof Muhammadi Bisri mengatakan UB mencoba masuk dalam empat aspek, yaitu akademik, bisnis, pemerintah, dan komunitas.

"Dalam hal deteksi dini diabetes melitus ini misalnya, kami bekerja sama dengan koperasi, biofarma, dan Kemenkes," kata Bisri. (Endang Sukarelawati/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaminan Kesehatan Penghuni Meikarta

Posted: 08 Sep 2017 09:00 PM PDT

Sebagai kota modern besar yang akan ditinggali ribuan penghuni, Meikarta menjadikan kesejahteraan warganya sebagai prioritas utama. Hal ini dibuktikan dari perhatiannya terhadap kesehatan para penghuni.

Lippo Group, sebagai pengembang kota tersebut, akan mendirikan sebuah rumah sakit internasional, Siloam Hospital. Siloam Hospital merupakan rumah sakit milik Lippo Group yang sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia.

Siloam telah berdiri sejak 1996. Dulu, namanya adalah RS Siloam Gleneagles, hasil kerja sama antara Lippo Group dengan RS Gleneagles. Kini, RS Siloam telah memiliki beberapa cabang rumah sakit, klinik spesialis, dan pusat pengobatan kanker.

Jadi, warga Meikarta pun tak akan merasa pusing saat harus berkonsultasi atau memeriksakan diri ke dokter. Mereka akan ditangani dokter profesional dari rumah sakit bertaraf internasional.

Selain itu, kota Meikarta juga memperhatikan kesehatan warganya dengan menyediakan lahan penghijauan berupa taman seluas 100 hektare bernama Central Park. Di taman itu, juga ada danau yang semakin menambah keasrian.

Di Central Park, para warga juga bisa berolahraga jogging karena disediakan jogging track. Atau, berolahraga di ruang fitness dan kolam renang yang ada di gedung apartemen Meikarta.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Dihujat Soal Riasan, Melly Goeslaw Geram

Posted: 08 Sep 2017 09:00 PM PDT

Laudya Cynthia Bella telah resmi menjadi istri Engku Emran pada Jumat (8/9/2017). Prosesi pernikahan keduanya dilaksanakan secara sakral dengan hanya dihadiri keluarga dan sahabat terdekat.

Salah satu sahabat Laudya Cynthia Bella yang hadir di sana adalah Melly Goeslaw. Menggunakan pakaian bernuansa hijau, penyanyi sekaligus pencipta lagu ini terlihat berswafoto bersama Bella dan Engku Emran.

Melly Goeslaw, salah satu sahabat yang hadir di pernikahan Laudya Cynthia Bella (Foto: Instagram)

" @iamkumbre saya titip @laudyacynthiabella dia anak baik, kami semua sayang dia. Sudah seperti anak saya sendiri. Gak bisa apa apa selain mendoakan kalian dari jauh spy Allah selalu lindungi kalian dari fitnah dll, dilindungi dan di cegah dari segala hal yg akan merusak kalian," tulisnya sebagai keterangan foto yang diunggah di akun Instagram pada Jumat (8/9/2017).

Sayang, unggahan itu justru mendapat banyak kritikan dari warganet. Mereka menganggap bahwa riasan Laudya Cynthia Bella terlalu tebal.

"Kok make up nya menor banget mbak @laudyacynthiabella,, lebih cantikan natural aja," tulis @dwiputrihardiyanti. Kemudian akun @wepodash menulis, "Mbak @laudyacynthiabella.. Ko make upnya jd aneh ya.. Cantikan yg pake biru kmrn".

Video saat Engku Emran mengucapkan ijab kabul di unggah oleh penyanyi senior Melly Goeslaw. Pernikahan keduanya berlangsung khidmat dengan mas kawin 300 RM. (Instagram/officialhlive)

Seolah tak terima dengan komentar para warganet kepada Laudya Cynthia Bella, Melly Goeslaw pun membalas dengan kata-kata yang cukup pedas.

"Punten sy kasih komen soal make-up. Nikah itu ibadah, bukan di nilai dari tipis tebel nya make-up, mahal murah nya baju pengantin, enak enggak nya catheringnya. Yg penting ijab, janji pd Allah. Aneh deh yg pd komen make up jiga nu gareulis waaaeee," tulisnya.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Kecelakaan di Misano, Marquez Selamat dari Cedera Serius

Posted: 08 Sep 2017 09:00 PM PDT

Marc Marquez dan beberapa pembalap di kelas utama MotoGP mengalami kecelakaan selama menjalani sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Misano, San Marino, Jumat (8/9/2017). Beruntung, pembalap Repsol Honda itu tidak mengalami cedera serius.

"Pada akhirnya, saya mencoba untuk memulai usaha saya dan saya merasakan sesuatu dari belakang," kata Marquez sembari berkelakar, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (9/9/2017).

"Pertama kali saya percaya itu mungkin kopling saya, karena saya mencoba untuk memulai, tapi tidak apa-apa. Mungkin bosan atau ingin mencoba bermain di tempat lain," ujar pembalap asal Spanyol itu.

Penampilan Marquez selama menjalani sesi latihan bebas di hari pertama sebenarnya tidak terlalu buruk. Karena juara bertahan MotoGP musim lalu itu berhasil menorehkan waktu tercepat.



Marquez mengakui secara umum performa RC213V sangat baik. Tapi masih ada beberapa krikil yang harus diselesaikan sebelum memulai latihan bebas ketiga hingga kualifikasi MotoGP San Marino.

"Secara umum saya merasa senang dengan motor karena sejak awal saya merasa positif. Kami juga mulai FP2 sangat baik, tapi kemudian kami memutuskan untuk mencoba beberapa hal yang berbeda pada set up.

"Sayangnya, itu tidak bekerja seperti yang diharapkan. Selanjutnya kami akan bekerja lebih banyak mengenai pilihan ban, dengan fokus pada pilihan keras untuk membuat beberapa perbandingan dengan apa yang kita lakukan hari ini," terang Marquez. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk ke Dalam Tipe Pasangan yang Manakah Anda?

Posted: 08 Sep 2017 09:00 PM PDT

Dalam hubungan percintaan, pastinya masing-masing pasangan memiliki caranya sendiri dalam menjalani hubungan. Terdapat sebuah penelitian, yang meneliti bagaimana jenis hubungan dari 400 pasangan. Dilansir dari Brightside.me, Jumat (08/9/2017) Profesor Brian G. Ogolsky dan J. Kale Monk dari Human and Community Development University of Illinois, melakukan penelitian ini selama 9 bulan dan menemukan 4 tipe pasangan, termasuk ke dalam tipe apakah Anda? 

1. Sering Berdebat, Tetapi Penuh Gairah
Jenis pasangan ini sering kali berdebat dan mengalami banyak konflik kecil, hal ini dikarenakan menghabiskan banyak waktu bersama. Walaupun sering bertengkar, pasangan ini kerap menjalani hubungan asmara yang cukup romantis. Pasangan ini bisa dikatakan menjalani hubungan yang sedikit complicated. Namun bila mereka sedang bersama banyak cara yang mereka lakukan untuk menghabiskan waktu berdua.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Bila Anda menyukai serial drama percintaan, kali ini dapat Anda jumpai kisah drama tersebut dalam kehidupan nyata. Terdapat beberapa pasangan yang memiliki kisah percintaan yang rumit, seperti serial drama. Pasangan ini sering kali meributkan hal sepele seperti lupa menelepon, atau lupa mengucapkan selamat malam sebelum tidur. Bukan hanya itu saja, hubungan ini sering kali putus-nyambung.

Terkadang ada pasangan yang hanya ingin menikmati berdua saja dan mulai menjaga jarak dengan teman-temannya. Namun, hal ini berbeda dengan pasangan yang satu ini. Pasangan ini kerap kali mengajak hang out teman mereka dan saling membagi cerita menarik. Biasanya pasangan ini memiliki rasa percaya yang tinggi antara satu dengan yang lainnya.

Dalam menjalani hubungan, pasangan ini saling memberikan dukungan dan motivasi. Hal ini dilakukan mereka, untuk saling memahami dan belajar tentang hubungan mereka sendiri. Konflik dan pertengkaran jarang sekali terjadi, dalam pasangan ini. Adapun pasangan ini, saling mendorong pasangannya melakukan hal yang disenangi.

Fellisia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penggalangan Dana Masyarakat untuk Rohingya Harus Akuntabel

Posted: 08 Sep 2017 08:57 PM PDT

Aksi penggalangan dana kemanusiaan oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk etnis muslim Rohingya terus bermunculan. Masyarakat diimbau tetap mengutamakan akuntabilitas penggalangan donasi sosial yang terkumpul itu.

Duta Besar Indonesia untuk Myanmar, Ito Sumardi, mengatakan penggalangan dana yang dilakukan kelompok masyarakat untuk etnis Rohingya harus bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya.

"Kepada siapa dikumpulkannya, dikirim lewat siapa dan bagaimana caranya harus jelas pertanggungjawabannya," ujar Ito usai menjadi pembicara di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, Jumat (8/9/2017).

Dikatakannya, saat ini banyak etnis muslim Rohingya mengungsi ke Cox Bazar, Bangladesh yang berbatasan dengan Myanmar. Lokasinya sulit dijangkau, butuh berhari-hari jika ditempuh jalur darat. Helikopter jadi alat transportasi paling efektif untuk masuk wilayah itu.

"Jadi bagaimana kita menyalurkan bantuan ke sana itu pekerjaan rumah pemerintah Indonesia," kata Ito.

Dia meminta masyarakat percaya ke pemerintah Indonesia, Myanmar dan negara lain terkait bantuan kemanusiaan tersebut. Apalagi sudah terjalin kesepakatan rencana penyaluran bantuan untuk warga Rohingya antara pemerintah Indonesia, Bangladesh serta Myanmar dengan melibatkan Palang Merah Internasional.

Sejauh ini mekanisme bantuan kemanusiaan oleh pemerintah Indonesia untuk etnis Rohingya sudah disepakati dikoordinir oleh Kementerian Luar Negeri dan sudah berjalan. Dana kemanusiaan yang tersedia sebesar USD 2 juta berupa obat dan bahan pangan.

"Biarkanlah proses ini berjalan dulu. Beri kesempatan kami mewujudkan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan baik itu oleh pengungsi Rohingya maupun warga Myanmar yang juga jadi korban kemarin," papar Ito.

Ia menambahkan, pemerintah Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin terlibat penyelesaian konflik tersebut. Indonesia berbicara lebih keras dibanding negara muslim lainnya yang seharusnya juga ikut aktif terlibat penyelesaian konflik.

"Jangan lupa, banyak negara muslim lain yang seharusnya berteriak lebih keras dari Indonesia. Tapi Indonesia yang lebih peduli, itu karena kita menerapkan UUD 45 dan Pancasila," tutur Ito.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pemerintah Indonesia siap menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa obat dan bahan pangan senilai USD 2 juta untuk pengungsi Rohingya. Kesepakatan penyaluran bantuan kemanusiaan pun sudah terjalin dan menunggu tindaklanjutnya dan akan dikoordinasikan dengan Palang Merah Internasional.

Duta Besar Indonesia untuk Myanmar, Ito Sumardi mengatakan, kesepakatan terjalin usai lawatan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Bangladesh untuk bantuan pengungsi Rohingya di Cox Bazar, Bangladesh.

"Kita tak lagi bicara masalah politik dan lainnya, tapi soal kemanusiaan. Sehingga bantuan kemanusiaan itu harus secepatnya sampai ke pengungsi," kata Ito.

Menurut dia, sebagian besar pengungsi Rohingnya sudah berada di Cox Bazar, Bangladesh yang berbatasan dengan Myanmar. Wilayah itu sulit dijangkau jika lewat jalur darat, butuh berhari-hari untuk tiba di sana. Pemerintah Bangladesh sendiri sudah mengizinkan pengiriman bantuan kemanusiaan di wilayah itu dan tinggal direalisasikan.

"Pemerintah Indonesia sudah menyampaikan menyampaikan ada obat-obatan dan pangan senilai 2 juta dolar Amerika. Kesepakatan sudah ada, tinggal tindaklanjut soal apa yang paling dibutuhkan dan yang mengkoordinir pengirimannya," ucap Ito.

Pemerintah Indonesia, lanjut dia, tak bisa serta - merta menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di wilayah Bangladesh. Apalagi wilayah itu masuk zona rawan yang dikhawatirkan mengancam keselamatan pekerja kemanusiaan jika tak sesuai mekanisme dan tanpa terkoordinasi.

Pemerintah Myanmar dan Palang Merah Internasional bakal dilibatkan dalam penyaluran bantuan ini.

"Saya baru saja dapat telepon, nanti saat kembali ke Myanmar pimpinan Palang Merah Internasional yang dapat kewenangan dari pemerintah Myanmar ingin bertemu dengan saya," kata Ito.

Ia menambahkan, adanya komunikasi itu menunjukkan diplomasi internasional pemerintah Indonesia lewat Kementerian Luar Negeri sudah berhasil. Sehingga tinggal mengawal proses selanjutnya agar bantuan kemanusian untuk pengungsi Rohingya bisa segera disalurkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Bicara Soal Bandara di Destinasi Prioritas

Posted: 08 Sep 2017 08:50 PM PDT

Presiden Joko Widodo betul-betul serius menawarkan pariwisata ujung tombak dalam kerjasama dengan Singapore. Selain pengembangan ekonomi berbasis digital. Hal itu terekam dalam pembahasan dengan PM Singapore Lee Hsien Loong di Negeri Singa Putih itu, Kamis (7/9).

Salah satu yang dipersentasikan Presiden Jokowi adalah pengembangan bandara di 10 Bali Baru, atau 10 destinasi prioritas.

"Dalam waktu 10 bulan ke depan, bandara di Danau Toba, Labuan Bajo akan diubah menjadi bandara internasional. Harapannya, makin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke indonesia," tutur Presiden Jokowi.

Statemen presiden itu persis dengan yang apa yang sudah disampaikan Menhub Budi Karya Sumadi dan Menpar Arief Yahya. Selain Bandara Silangit Danau Toba dan Bandara Komodo Labuan Bajo, juga bandara H.AS. Hanandjoeddin Tanjung Pandan, Belitung yang akan menjadi international airport.

Bahkan 2 menteri itu sudah pernah menyampaikan rencana itu kepada pers bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Efendi dan Bupati Belitung di Pantai Tanjung Binga, Belitung 2 September 2016 lalu. Dan awal tahun 2017 sudah disimulasi CIQP-nya, Custom, Immigration, Quaratine and Port-nya.

Bahkan proyeksi Menpar Arief Yahya, semua destinasi yang masuk dalam 10 destinasi prioritas itu harus memiliki bandara internasional. Agar wisatawan bisa terbang langsung menuju ke destinasi yang dikembangkan.

"Indonesia memiliki obyek wisata yang sangat lengkap, wisata sejarah, budaya, alam, kuliner ataupun belanja. Destinasi baru terus dikembangkan termasuk 'Ten New Bali'," kata Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi ingin Indonesia dan Singapura meningkatkan kerja sama dan menyinergikan keunggulan yang dimiliki kedua negara di bidang pariwisata. "Singapore punya teknologi dan man made. Indonesia punya alam dan budaya, maka sinergi antar Indonesia Singapore dalam marketing akan saling menguatkan sektor pariwisata," kata Menpar Arief.

Presiden Jokowi juga menambahkan, bentuk kerjasama dalam bentuk pengembangan destinasi wisata bersama (joint destinations), kerja sama pengoperasian wisata kapal pesiar, pembangunan dermaga kapal pesiar, peningkatan investasi infrastruktur pariwisata, serta kerja sama pengembangan Meeting, Incentives, Conferences and Exhibitions (MICE).

"Kami melakukan pertemuan di sini untuk mewakili kedua pemerintah. Dan kita melihat aspek menguntungkan dalam wisata bahari," jelas Jokowi.

Kebetulan, tahun ini adalah tahun istimewa bagi Indonesia dan Singapura. Momentumnya berbarengan dengan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura. Kerjasama pariwisata dua negara Asia Tenggara itupun diyakini bakal smooth.

"Tahun ini kita merayakan 50 tahun hubungan diplomatik kita. Singapura telah menjadi mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi, dan pariwisata. Demikian juga Indonesia untuk Singapura," tutup Jokowi.

Adapun yang diajukan Presiden Jokowi adalah Batam karena dianggap tempat yang ideal untuk mengembangkan kerja sama ekonomi digital dan pariwisata tersebut.

Di antaranya pengembangan digital park cluster di Nongsa Batam, pembangunan start-up incubator, program training for trainers baik untuk pekerja IT maupun para dosen.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong juga senada. Dia menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia stabil dan positif. Hal itu yang membuat negaranya tidak ragu bekerja sama atau berinvestasi ke Indonesia.

"Kami menerima banyak turis satu sama lain. Ekonomi Indonesia juga telah tumbuh stabil dan positif. Kami memiliki kesempatan kuat untuk mengembangkan hubungan ekonomi kami, kedua pemerintah dan kedua bisnis kami telah bekerja erat sejak lama. Kali ini investasi akan berfokus pada pariwisata," ujar Lee Hsien Loong.

Dalam kesempatan itu turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Riset Tenologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Kepala BKPM Thomas Lembong, Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gusti Ngurah Swajaya.

Menpar Arief Yahya yang ikut bergabung dalam jajaran menteri yang mendampingi Presiden Jokowi juga ikut memaparkan potensi Pariwisata Indonesia. Paparannya dijabarkan dengan detail dalam diskusi panel dengan paparan berjudul National Policy on Tourism Industry Development.

Dalam paparannya, mantan Dirut Telkom itu menegaskan kemudahan berbisnis di Indonesia telah membaik. Dan sekarang, pemerintah Indonesia tengah getol menyederhanakan peraturan.

"Upaya penuederhanaan peraturan itu untuk memudahkan investasi masuk. Dan saat ini kami sedang mengembangkan 10 destinasi prioritas teratas yang disebut 10 Bali Baru," ujar Menpar Arief Yahya.

Di kesempatan itu, ia menyebut kembali Singapore adalah transportation hub bagi pariwisata Indonesia. Sebagai gate, menuju "the world next door" Indonesia. Dasarnya, jutaan orang yang transit di Changi Airport, selain 15,5 juta wisatawan yang masuk ke Singapura. Dan saat ini, Singapura adalah titik penghubung Barat-Timur, Utara-Selatan, Tenggara-Barat Laut.

"Karena itu menggenjot promosi di Singapura untuk mendorong ke papan atas dalam pertumbuhan wisman itu menyelesaikan banyak hal. Menaikkan persentase originasi Singapura, otomatis melipatgandakan jumlah wisman yang inbound. Jaraknya dekat, waktu terbang tidak lama, akses pintu banyak, termasuk via pelabuhan di Batam-Bintan. Ditambah lagi ada banyak keunggulan kompetitif dan komparatif dari atraksi yang dimiliki Indonesia, dengan alam dan budayanya," kata Menpar Arief Yahya di hadapan 500 pebisnis dari Singapura.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pria Purwakarta Penjaga Peristirahatan Nabi Muhammad SAW

Posted: 08 Sep 2017 08:45 PM PDT

Jutaan umat Islam dari berbagai negara setiap tahunnya mengunjungi Masjid Nabawi, masjid tempat peristirahatan terakhir Nabi Muhammad SAW. Tak hanya saat musim haji, umat Islam dari berbagai bangsa juga ingin berziarah ke makam Nabi Muhammad setiap harinya, yang letaknya berada dalam Masjid Nabawi.

Untuk itu, dibutuhkan sebanyak 3 ribu lebih pekerja dikerahkan guna membersihkan Masjid Nabawi setiap harinya. Mulai dari membersihkan lantai, kuningan pada pilar-pilar masjid, serta payung yang membuka-tutup di pelataran.

Pantauan Tim Media Center Haji (MCH), tampak sejumlah petugas kebersihan Masjid Nabawi sibuk membersihkan kuningan di pilar-pilar masjid. Menurut Suhih, petugas kebersihan Masjid Nabawi, kebersihan Masjid yang letaknya di Madinah tersebut sangat diperhatikan Pemerintahan Kota Nabawi, sebutan untuk Kota Madinah.

Untuk kuningannya, lanjut dia, setiap sudut bahkan sampai celahnya dibersihkan dengan cairan kimia pembersih. Hasilnya, sampai sekarang kuningan di pilar-pilar tersebut terawat.

"Supaya bisa menjangkau bagian tertinggi, setiap petugas mengenakan mesin hidrolik yang berfungsi menaik-turunkan petugas kebersihan sesuai dengan kebutuhan," kata Suhih, di Masjid Nabawi, Jumat 8 September 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Diceritakan Suhih, karpet, tempat air zamzam, lantai seluruh bagian masjid dibersihkan petugas setiap harinya. Masjid yang sudah mengalami perluasan sembilan kali itu luasnya kini telah mencapai 235.000 meter persegi.

"Karena itu butuh 3 ribuan tenaga kebersihan dengan pembagian tiga shift per harinya. Masjid akan dibersikan seusai salat subuh, isya, dan dini hari. Tiap shift melibatkan 1.000 personil kebersihan," cerita mukimin asal Purwakarta, Jawa Barat itu.

Dari warga Indonesia yang bekerja di Masjid Nabawi, suhih merupakan pegawai yang bekerja cukup lama. Dia sudah bekerja tiga tahun melayani Masjid Nabawi.

"Saya merasakan berkah bekerja di Masjid Nabi, karena bisa haji dan umrah hampir setiap tahunnya," ujar Suhih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 9 September 2017

Posted: 08 Sep 2017 08:45 PM PDT

Tiga pertandingan Liga 1 2017 bakal berlangsung hari ini (9/9/2017). Namun, hanya dua pertandingan yang akan disiarkan secara langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Persib Bandung menjamu Semen Padang, sedangkan Persiba Balikpapan kedatangan Persegres Gresik United sore ini. Kemudian ada laga sengit antara Bhayangkara FC melawan Persipura Jayapura.

Terjadi perubahan jadwal, sebelumnya Persib dijadwalkan bermain pukul 18.30, tapi diubah menjadi pukul 15.00 WIB. Selain itu, partai Bhayangkara FC kontra Persipura yang awalnya bermain pukul 15.00, kick off laga Liga 1 itu berubah menjadi 18.30 WIB.

Laga Persib melawan Semen Padang bakal disiarkan langsung TV One. Demikian juga pertandingan Bhayangkara menghadapi Persipura malam ini dapat disaksika di TV One.



Kemenangan dapat membuat Maung Bandung naik ke peringkat ketujuh klasemen sementara Liga 1 2017. Sementara itu, Bhayangkara dan Persipura kini menduduki posisi kedua dan ketiga dengan selisih hanya satu poin, sehingga hasil laga ini amat memengaruhi kedua tim.

 

Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2017 hari ini (9/9/2017):

Persib Bandung vs Semen Padang - TvOne - 15:00 WIB

Bhayangkara FC vs Persipura Jayapura - TvOne - 18:30 WIB

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tembus 100.000 Suara, Menpar Arief Tetap Ajak #VoteVideoIndonesia

Posted: 08 Sep 2017 08:40 PM PDT

Ajakan Menpar Arief Yahya untuk nge-vote video pariwisata Indonesia terus memviral. Baik online di media sosial, maupun offline di berbagai event dengan massa yang besar. "Jumat, 8 September 2017 siang sudah tembus 100 ribu votes lebih, yuk pertahankan kemenangan sampai 11 September," kata Arief Yahya, Menpar RI.

Sesmenpar Ukus Kuswara dalam Forum Sesmen-Sekjen Nasional juga nge-vote bareng di Palembang, 7 September 2017. Mereka sepakat menggerakkan seluruh pegawainya untuk menyumbangkan suaranya. "Keren!" komentar Menpar Arief.

Gerakan #VoteVideoIndonesia memang semakin masif. Dalam sepekan terakhir, Facebook, Twitter, Instagram, Line, Path atau media sosial lain, heboh dengan postingan online dan offline dari berbagai daerah untuk memastikan Indonesia merebut juara UNWTO Award 2017 kategori Tourism Video Competition.

Terakhir, ada Budi Doremi yang ikutan aktif menyebarkan 'virus' vote ke ribuan pengunjung Makassar International Eight Forum Festival (F8) 2017.

Ya, Makassar International Eight Forum Festival di Pelataran City of Makassar Anjungan Losari, memang terlihat beda. Ribuan pengunjung yang silih berganti datang sejak sore hingga tengah malam diajak untuk ikutan memilih. Semua diajak meluangkan waktu lima menit untuk ikut serta menjadikan Indonesia juara. Semua diajak bahu membahu mengibarkan Wonderful Indonesia ke level dunia.

Tengok saja aksi penyanyi Budi Doremi. Saat tampil di panggung Makassar Culinary Night, Kamis (7/9) malam, dari atas panggung, pria kelahiran 19 September 1984 ini mengajak para pengunjung untuk ikutan vote video Wonderful Indonesia di UNWTO Award. "Nah, mumpung kita lagi kumpul, yuk kita bareng-bareng vote Indonesia di ajang UNWTO Award 2017," ujar Budi.

Dengan gayanya yang khas serta kocak, Budi mengajak penonton mengeluarkan ponselnya masing-masing dan mengetik alamat situs indonesia.travel/vote4id.

"Kalian masukin nama, e-mail dan pilih video Wonderful Indonesia dan submit. Nanti kalau yang udah ikutan, tunjukin buktinya nanti kita kasih hadiah," ujar Budi.

Semangat pengunjung makin terpompa. Mereka dengan semangat memainkan jempolnya ke layar ponsel masing-masing. Rahma (22 tahun), misalnya. Warga Makassar itu mengaku baru tahu jika Indonesia tengah bersaing di ajang UNWTO Award. Dia pun langsung nimbrung vote bersama ribuan pengunjung lainnya.

Kesan yang dirasakannya, video tersebut sangat menggambarkan keindahan Indonesia. Durasi 1 sampai 2 menit itu sampai dirasa tidak cukup untuk menggambarkan kekayaan dan keindahan yang dimiliki Indonesia seluruhnya.

"Tapi aku baru tahu kalau Indonesia sedang bersaing. Makanya aku langsung ikutan vote," kata dia.

Yang ikutan voting, langsung mendapatkan apresiasi dari Budi Doremi. Rahma yang menjadi salah seorang voters akhirnya diberi hadiah dan kesempatan untuk selfie bersama Budi Doremi.

Semangat voting yang dikomandoi Budi Doremi itu mendapatkan dua jempol dari Menpar Arief Yahya. Dia pun makin bersemangat mengajak lebih banyak lagi masyarakat untuk ikutan #VoteVideoIndonesia. "Satu suara anda sangat bermakna," kata Menpar Arief Yahya.

Bagi yang belum vote, masih ada waktu. Caranya dijamin mudah dan nggak bikin ribet.

"Stepnya hanya empat. Pertama, klik indonesia.travel/vote4id.. Setelah itu masukkan nama dan email. Kemudian pilih video favorit Indonesia, lalu submit! Saya sudah coba. Sangat mudah dan nggak butuh waktu lama," kata Menpar Arief Yahya.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Ungkap Ketertarikan Giring Nidji pada Politik Sejak Lama

Posted: 08 Sep 2017 08:40 PM PDT

Giring Ganesha, vokalis band Nidji banting setir dari panggung hiburan, ke panggung politik. Hal tersebut sempat mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, keputusan tersebut serta-merta membuat Giring vakum dari band Nidji yang saat ini terbilang masih berada di puncak kariernya.

Giring Nidji (Nurwahyunan/bintang.com)

Dalam beberapa kesempatan, Giring mengaku memang memiliki ketertarikan di dunia politik sejak lama. Hal tersebut semakin dikuatkan oleh cerita sang bunda, Irma.

"Kalau kami di meja makan, (almarhum) ayahnya selalu memberi masukan. Dia (Giring) tahu politik ketika dia masih kecil, karena bapaknya kan wartawan, suka cerita waktu konflik Timor Timur, Irian, Vietnam. Banyak meliput peristiwa penting sejarah (politik)," kata ibunda Giring Nidji, Irma. di kediaman Giring di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Jumat(8/9/2017).

Seiring berjalannya waktu, Giring semakin tertarik untuk terjun ke dunia politik. Namun, saat pertama kali dia izin kepada sang bunda, keraguan sempat menyeruak kepada sang bunda.

"Saat minta izin, 'aduh Nak kamu enggak tahu politik di sini, kita suka gemas ngeliatnya. Kamu benar mau ikut berpolitik? (Saya) Takut dia terkontaminasi, politik uang, dan sebagainya," lanjutnya lagi.

Namun pada akhirnya, Giring berhasil meyakinkan bundanya untuk tulus ikhlas terjun ke dunia politik. Ditambah lagi, dalam beberapa kesempatan, Giring berhasil membuktikan keseriusannya dan melunturkan keraguan bunda dan keluarganya yang lain.

Giring Nidji (Nurwahyunan/bintang.com)

"Belum lagi kita enggak tahu apakah ada yang baik atau mulus seperti apa yang kita inginkan. Lama-kelamaan setelah kita lihat Giring bermula saat kampanye ngamen solidaritas, jalan ke mana-mana. Dia diejek, tapi tetap aja gitu. Ya sudah, musti disupport aja," ujar ibunda Giring Nidji.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Djarot Canangkan Pembangunan Kawasan Taman BMW

Posted: 08 Sep 2017 08:36 PM PDT

Pembangunan kawasan di Taman Bersih Manusiawi Wibawa (BMW), Jakarta Utara resmi dimulai hari ini. Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meletakkan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan club house dan fasilitas olahraga air di atas lahan yang nantinya juga akan dibangun stadion bertaraf internasional.

Djarot menyebut pembangunan club house dan fasilitas olaharaga air bertaraf internasional ini tidak menggunakan dana APBD DKI, melainkan dana dari kewajiban pengembang PT Putra Gaya Wahana terkait Koifisien Lantai Bangunan (KLB) senilai Rp 17 miliar.

"Kita (dana) dari KLB," ujar Djarot di kawasan Taman BMW, Sabtu (9/9/2017) pagi.

Menurut dia, pembanguanan kawasan Taman BMW terus dikebut dan ditargetkan fasilitas olahraga ini dapat selesai pada Desember 2017.

"Club house dan fasilitas olahraga air nantinya dapat dimanfaatkan seluruh lapisan warga sebagai sarana wisata, hiburan, kuliner, olahraga, dan sekaligus menjadi pusat interaksi komunitas-komunitas," kata Djarot.

Club house, kata Djarot, memiliki fasilitas ruang pertemuan, area pedagang kuliner dan fasilitas olahraga air yang terletak di tepi Waduk Sunter Utara serta akan menjadi tempat olahraga jet ski dan perahu dayung.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 



Satu per satu bangunan yang berada di dalam areal taman BMW di Kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai dirobohkan sejak awal Agustus lalu. Dikawal 1.500 petugas gabungan, tak ada perlawanan dari warga saat hunian mereka dirobohkan. Sebagian besar penghuni bahkan sudah lebih dulu membongkar dan mengambil puing bangunan yang masih bisa dimanfaatkan.

Semua isi rumah pun juga sudah dikeluarkan terlebih dulu karena sebelum penertiban dilakukan sudah ada sosialisasi dan juga pendekatan kepada para penghuni.

Beberapa penghuni mengaku sudah sekitar 10 tahun tinggal di kawasan yang sebelumnya dikenal sebagai taman BMW atau Bersih Manusiawi dan Berwibawa. Dengan penertiban yang dilakukan, mereka kini hanya bisa pasrah. Mereka hanya berharap ada hunian pengganti.

Meski bersedia pindah ke rumah susun, Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad pun memastikan tidak ada relokasi bagi ratusan kepala keluarga itu.

Sebelum ditertibkan, terdapat sekitar 350 bangunan tanpa izin di dalam taman seluas 26 hektare ini. Rencananya di lokasi ini akan dibangun stadion olah raga bertaraf internasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kisah Hidup Sera Amane, Bintang Film Porno Jepang Asal Indonesia

Posted: 08 Sep 2017 08:36 PM PDT

Nama Sera Amane belakangan ini sedang meramaikan jagat media sosial. Pasalnya, wanita muda yang identik dengan nama Jepang tersebut, belum lama ini terlihat sedang berjalan-jalan di sekitar Jakarta, dari Kota Tua sampai salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Isu yang berhembus, Sera Amane memulai debutnya di dunia film panas dengan mengambil lokasi syuting di Jakarta. Bahkan, sempat beredar juga foto sampul film terbaru Sera di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikahi Laudya Cynthia Bella, Engku Emran Bersyukur

Posted: 08 Sep 2017 08:30 PM PDT

Menikah dengan orang yang dicinta merupakan kebahagiaan semua orang, termasuk Engku Emran. Pengusaha asal Malaysia ini telah resmi meminang kekasih hatinya, Laudya Cynthia Bella pada Jumat (8/9/2017).

Ucapan selamat dari rekan dan penggemar pun membanjiri akun Instagram milik Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran. Seolah ingin membalas semua komentar tersebut, ayah satu anak itu pun mengunggah foto dirinya bersama Bella dan anaknya.

Pemeran cantik Laudya Cynthia Bella resmi menjadi istri dari Engku Emran. Pernikahan keduanya baru saja di gelar sederhana di Kuala Lumpur Malaysia pada Jumat, (8/9) pukul 6.57 waktu setempat. (Instagram/noradanish)

"Alhamdulillah. Terima kasih atas semua doa and kind wishes," tulis pria keturunan India dan Tiongkok itu sebagai keterangan foto yang diunggah pada Sabtu (9/9/201).

Unggahan itu pun mendapat berbagai tanggapan dari warganet di kolom komentar Instagram milik Engku Emran.

"Alhamdulillah...semoga selalu dinaungi keberkahan dan kebahagiaan. Aamiin," tulis akun @ zulisrahmawati. Kemudian akun @emirbasra33 menulia "Selamat yaa abang @iamkumbre dan kak @laudyacynthiabella..semoga menjadi keluarga sakinah mawaddah warahmah....aaamiin."

Laudya Cynthia Bella dan Engku Emran resmi menikah (Foto: Instagram)

Selanjutnya akun @ hanipaol menulis "Lets have a exciting journey! Happy wedding! You two meant to each other the fate bought you are here! Never give up on each other and enjoy every experience of ups and down together! Sharing is caring."

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekuk Penakluk Federer, Nadal Tembus Final AS Terbuka

Posted: 08 Sep 2017 08:30 PM PDT

Rafael Nadal bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Juan Martin del Potro 4-6, 6-0, 6-3, 6-2 pada semifinal AS Terbuka di Arthur Ashe Stadium, Flushing Meadows, Sabtu (9/9/2017) pagi WIB.

Nadal selanjutnya mempertaruhkan gelar melawan Kevin Anderson yang menembus final AS Terbuka usai membekuk Pablo Carreno Busta 4-6, 7-5, 6-3, 6-4.

"Saya senang mendapat kesempatan merebut titel setelah berkutat dengan cedera pada beberapa tahun terakhir. Kemenangan ini sangat berharga. Terlebih saya harus mengubah taktik setelah set pertama," ungkap Nadal, dilansir Reuters.

Di lain pihak, Del Potro kesulitan meredam kebangkitan Nadal. Petenis asal Argentina itu juga kehabisan tenaga setelah bermain sembilan set pada dua putaran menunju semifinal, termasuk saat menumbangkan Roger Federer di babak 8 besar.

Nadal kini berkesempatan merebut gelar ketiga AS Terbuka usai memenangkannya pada 2010 dan 2013. Tahun ini dia sudah memenangkan grand slam dengan menjuarai Prancis Terbuka.

Total sosok berusia 31 tahun itu sudah menjuarai 15 grand slam. "Tahun 2017 merupakan periode baik bagi saya," pungkas Nadal

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengajak Pelaku Pariwisata Jaga Keselamatan Penerbangan

Posted: 08 Sep 2017 08:30 PM PDT

Untuk ketiga kalinya dalam satu bulan terakhir ini, manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali menyelenggarakan sosialisasi keselamatan operasi penerbangan.

Setelah sosialisasi ditujukan kepada masyarakat sekitar bandara, kali ini secara khusus merangkul para pelaku pariwisata, khususnya yang berlokasi di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kegiatan ini sedikitnya dihadiri oleh 37 peserta yang berasal dari Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, PHRI Kabupaten Badung, Badan Pengelola Kawasan Pariwisata Pantai Kedonganan, para pengelola hotel dan kafe di kawasan Jimbaran dan kedonganan serta Komunitas Pecinta Layang-layang.

Berlokasi di Gedung Wisti Sabha Bandara I Gusti Ngurah Rai, sosialisasi masih difokuskan pada bahaya permainan layang-layang, laser, lampion, balon udara dan drone di sekitar bandara, khususnya dalam radius 9 kilometer.

Ditemui usai acara, General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi menyatakan komitmennya dalam menjamin keselamatan penerbangan.

"Kami akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat dan semua pihak terkait karena bicara keselamatan penerbangan itu tidak hanya di dalam bandara, tetapi termasuk juga dukungan lingkungan sekitar. Dalam radius 9 kilometer dari bandara harus benar-benar bersih dari hazard, dari benda-benda yang bisa membahayakan penerbangan," kata Yanus di Kuta, seperti ditulis Sabtu (9/9/2017).

"Semua itu ada aturannya. Tidak main-main. Mulai dari Undang-Undang nomor 1 tahun 2009, Peraturan Menteri Perhubungan PM.163 tahun 2015 hingga Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 9 Tahun 2000. Ada dendanya juga," ujar dia.

Mungkin belum banyak yang mengetahui layang-layang, balon udara, lampion dan permainan sejenis bisa menjadi sangat berbahaya apabila tersedot ke dalam mesin pesawat. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pesawat dan mengancam keselamatan penerbangan.

Selain itu, yang juga perlu diketahui adalah bahaya sinar laser terutama di malam hari karena dapat memecah konsentrasi pilot, khususnya saat proses pendaratan, pada tahap ini memerlukan tingkat konsentrasi tinggi.

"Kami mengerti layang-layang sudah menjadi bagian dari budaya ,sedangkan balon udara, lampion dan laser menjadi salah satu atraksi hiburan untuk para wisatawan, tetapi perlu dipahami juga dampaknya bagi keselamatan penerbangan. Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin melibatkan dan mengajak para pelaku pariwisata untuk bersama-sama menjaga serta mengendalikan penggunaannya, khususnya di sekitar area bandara ini," ucap Yanus.

Selain para pelaku pariwisata, turut hadir dalam sosialisasi perwakilan Otoritas Bandara Wilayah IV, Lanud Ngurah Rai, Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai dan perwakilan maskapai. (Dewi Divianta)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dunia Industri Didorong Tingkatkan Kualitas Pelatihan Vokasi

Posted: 08 Sep 2017 08:27 PM PDT

Pemerintah mendorong dunia industri (swasta) agar membantu pendidikan maupun pelatihan vokasi di sekolah kejuruan dan Balai Latihan Kerja untuk mempercepat peningkatan kompetensi dari tenaga kerja Indonesia.

Keterlibatan dunia usaha dalam membantu pemerintah akan membuat pendidikan dan pelatihan vokasi semakin masif dan fokus untuk meningkatkan kompetensi dan mengurangi angka pengangguran.

"Nilai positif dari keterlibatan dunia usaha di adalah bisa membantu baik dari segi kurikulum, instruktur dan sarana prasarana, yang lebih sesuai dengan perkembangandan kebutuhan industri, kata Menaker Hanif saat melakukan kunjungan kerja di Kudus, Jawa Tengah pada Jumat (8/9).

Dalam kunker kali ini, Menteri Hanif mengunjungi 4 SMK binaan Djarum Foundation yang berada di daerah Kudus yaitu SMK Wisudha Karya, SMKN 1, SMK NU Banat dan Raden Umar Said

Hanif mengatakan pendidikan dan pelatihan vokasi sudah diputuskan sebagai salah satu prioritas nasional oleh pemerintah Bapak Presiden Joko Widodo sehingga semua moda pendidikan dan pelatihan vokasi terus diperbaiki kualitasnya

"Oleh karena itu kita terus mendorong keterlibatan dunia usaha untuk bisa terus berkontribusi dalam mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja yang memiliki daya saing tinggi, "kata Hanif.

Sebagai contoh kata Hanif Djarum Foundation telah membantu beberapa SMK di Kudus. Ini merupakan contoh yang baik. Di tempat lain misalnya perusahaan Toyota membantu Balai Latihan Kerja Pemerintah di Kupang, NTT.

"Semakin banyak industri-industri membantu pendidikan vokasi maupun pelatihan vokasi di SMK maupun BLK ini tentu akan mempercepat peningkatan kompetensi dari tenaga kerja kita" kata Hanif.

Secara riil Indonesia memang kekurangan tenaga kerja skill. Sampai 2030 setidaknya kita harus produksi 3,8 jutaan per tahun. Selain itu tantangan lainnya adalah pengangguran lulusan SMK, Diploma dan sarjana yang masih banyak karena missmatch kedua under kualifikasi dari lulusan pendidikan dan tenaga kerja

" Ini tantangan yang tidak mungkin hanya dilakukan pemerintah jadi harus melibatkan dunia usaha dan melibatkan masyarakat lainnya, kata Hanif.

"Dengan keterlibatan industri ini maka antara supply tenaga kerja dengan demand pasar kerja bisa nyambung. Sehingga jika ini terjadi maka mereka yang lulus itu pasti bisa cepat masuk ke pasar kerja, "kata Hanif.

Saat ini Pendidikan vokasi ditangani Kemendikbud, sedangkan Kemnaker menangani vocational training di Balai Latihan Kerja. Karena di Kudus ada peran serta dari Djarum yang membantu pendidikan vokasi ini saya kira ini sangat baik juga untuk menjadi contoh.

"Oleh karena itu saya mendorong agar akses untuk pelatihan kerja yang sifatnya vokasional diperkuat mutunya sehingga bisa menjadi jembatan bagi angkatan kerja baru yang lulusan dari mana pun tetapi belum kompeten maka bisa dilengkapi dengan kompetensi,"kata Hanif.

"Itulah kenapa sekarang saya genjot penguatan akses dan mutu untuk pelatihan kerja sehingga angkatan kerja baru nanti mendapatkan kompetensi yang baik dan masuk ke pasar kerja, "kata Hanif

Di sisi lain pemerintah terus menekan angka pengangguran terus turun. Sekarang 5,3% dari sebelumnya 6,18%." Ini adalah angka pengangguran terendah sejak reformasi. Dengan keadaan seperti ini saya ingin mengajak masyarakat untuk optimis melihat progres dan kemajuan yang dicapai dari bangsa Indonesia, kata Hanif.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 7 Patung Paling Nyeleneh di Dunia

Posted: 08 Sep 2017 08:26 PM PDT

Bentuk patung giant naked baby menyerupai Budha telanjang. Patung raksasa ini berada di sebuah rumah makan di china.

Nah, ternyata di berbagai wilayah di Dunia banyak beragam jenis patung nyeleneh ini. apa dan dimana saja, yuk simak video menarik ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kebakaran Bukit Duri, Korban Bingung Tinggal di Mana

Posted: 08 Sep 2017 08:23 PM PDT

Sejumlah rumah tinggal yang juga berfungsi sebagai kios penjualan kusen hangus terbakar.Warga korban kebakaran mengais barang-barang yang masih tersisa.

Kebanyakan warga berprofesi sebagai pembuat dan penjual kusen rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY Kenang Sejarah Berdirinya Demokrat di Cikeas

Posted: 08 Sep 2017 08:21 PM PDT

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Partai Demokrat diselenggarakan di lokasi pertama kali partai tersebut memperkenalkan diri, yakni di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

SBY menyebut rumahnya menjadi saksi sejarah perjalanan partai hingga saat ini. Kata dia, hal itu dimulai dari penggagasan dan perkenalan diri kepada masyarakat.

"Dalam perjalanan sejarah partai, tempat ini dijadikan basis perjuangan untuk mencapai cita-cita kita semua lebih baik," kata SBY di Cikeas, Sabtu (9/9/2017).

SBY menjelaskan bertepatan di tahun ketiga, Partai Demokrat mampu masuk menjadi lima besar dalam Pemilihan Umum 2004 dan dirinya terpilih menjadi Presiden Indonesia. Sama halnya saat Pemilu 2009 yang terpilih saat itu SBY kembali menjadi Presiden Republik Indonesia.

SBY melanjutkan, kediamannya juga menjadi saksi saat pihaknya mengakui kekalahan saat Pemilu 2014.

"Di tempat ini pula tahun 2014 dengan lapang dada menerima kekalahan, dengan tulus saya langsung mengucapkan selamat pada pemenang kepada Presiden Jokowi dan Wapres JK," ujarnya.

SBY menegaskan hal itu menggambarkan bahwa politik di Partai Demokrat tidaklah sepi. Untuk kemenangan ataupun kekalahan, kata dia, merupakan suatu hal yang lumrah.

"Ada kalanya kita kalah dan memetik hikmah, sometimes we win, sometimes we learn," kata SBY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-16 Partai Demokrat dirayakan di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Perayaan juga bertepatan dengan HUT SBY yang ke-68.

Pantauan Liputan6.com, tamu undangan serentak mengenakan pakaian serba biru. Acara pun diselenggarakan pukul 07.00 WIB dengan diawali sambutan SBY dan dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng dan ramah-tamah.

Para petinggi dan keluarga SBY duduk di barisan paling depan dan diikuti oleh beberapa kader dan simpatisan lainnya.

Dalam perayaan tersebut juga terlihat Agus Harimurti Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, Ani Yudhoyono, mantan Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Roy Suryo, Qomar, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto, mantan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Syarief Hasan.

Acara diselenggarakan di halaman pendopo rumah SBY. Tampak pula beberapa gerobak makanan rakyat, seperti ketoprak, soto, hingga makanan lainnya untuk disajikan kepada para tamu undangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Jomblo Rilis 2 Versi Trailer, Kamu Pilih Yang Mana?

Posted: 08 Sep 2017 08:20 PM PDT

Setelah sukses dengan film Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss Part 2, Falcon Pictures segera merilis film terbarunya berjudul Jomblo. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Adhitya Mulya ini kembali diangkat ke layar lebar dalam versi baru. Film ini dibintangi oleh Deva Mahenra, Arie Kriting, Ge Pamungkas, Richard Kylie, Aurelie Moeremans, Nathasya Rizky dan Indah Permatasari.

Penasaran seperti apa film Jomblo versi terbaru ini? Falcon Pictures pada tanggal 8 September 2017, secara resmi merilis 2 versi berbeda trailer film Jomblo. Menurut sang produser, Frederica, dirinya ingin pecinta film Indonesia bisa memilih mana yang mereka suka dari 2 trailer tersebut.

Poster Film Jomblo (Falcon Pictures)

"Kita sengaja mengeluarkan trailer film Jomblo ini dalam 2 versi. Biar masyarakat memilih sendiri mana yang mereka sukai. Mudah-mudahan dengan hadirnya trailer ini bisa mengobati rasa penasaran pecinta film Indonesia terhadap film Jomblo versi baru ini," ungkapnya.

Sedangkan sutradara film Jomblo versi baru, Hanung Bramantyo mengungkapkan, film ini memiliki perbedaan karakter tokoh meskipun nama tokohnya tetap sama. Namun, film ini tetap menceritakan tentang persahabatan 4 mahasiswa yang memiliki kesamaan nasib sebagai Jomblo.


"Secara karakter ada beberapa perbedaan dengan Jomblo yang terdahulu. Seperti Bimo yang versi lamanya orang dari Yogya asli. Kalau sekarang Bimo ini adalah orang dari Yogya namun kelahiran Papua, dan Dony yang playboy namun orang bule dan banyak digilai wanita, kalau dulu kan Doni ini orang Indonesia. Sedangkan untuk tokoh Olip dan Agus tetap sama, namun, fashionnya kita rubah," ujarnya.

Mewakili pemain film Jomblo, Deva Mahenra mengaku tidak mudah untuk memerankan tokoh Olip, yang tidak banyak bicara. Untuk menunjukkan perasaannya, harus menggunakan eksperesi. Peran ini sangat berbeda dengan peran-peran yang pernah ia mainkan di film-film sebelumnya.

"Karakter Olip adalah orang yang tidak banyak bicara, namun bagaimana caranya mewakilkan perkataannya menjadi ekspresi, manakala sedih, gembira atau kecewa. Ini memang susah, menunjukkan ekpresi Olip yang akan membuat penonton mengerti. Di sini memang kendalanya itu, tapi menurut saya, justru itu tantangan yang menarik ya, kesempatan untuk bermain menjadi sebuah karakter yang tidak vocal namun penonton tetap bisa menangkap bagaimana perasaan dari Olip yang sebenarnya," ungkapnya.

Deva Mahenra berpose usai jumpa pers di Kantor Falcon Pictures, Jakarta, Kamis (16/3). Deva menjadi salah satu pemain dalam film Jomblo Coming Very Soon yang disutradarai Hanung Bramantyo. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Film Jomblo versi terbaru berkisah tentang empat cowok Agus (sunda), Bimo (Yogya), Olip (Aceh), dan Doni (Indo). Mereka bersahabat sejak kuliah di kampus Universitas B. Ke-4 sahabat ini, memiliki satu persamaa, yaitu sama-sama menyandang status Jomblo, meskipun masing-masing memiliki perbedaan alasan kenapa menjomblo. Namun, indahnya persahabatan mereka harus terpecah, karena kehadiran wanita.

Lalu, bagaimanakah, kelanjutan kisah persahabatan Agus, Bimo, Olip dan Doni? Saksikan film Jomblo pada 5 Oktober 2017 yang tayang serentak diseluruh bioskop di Indonesia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Vokasi Nyambung Dunia Kerja, Industri Harus Terlibat

Posted: 08 Sep 2017 08:15 PM PDT

Guna mempercepat peningkatan kompetensi tenaga kerja, pemerintah terus mendorong dunia industri membantu pendidikan maupun pelatihan vokasi di sekolah kejuruan dan Balai Latihan Kerja. Menurut Mentri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri, keterlibatan dunia industri akan menjaga relevansi antara kurikulum vokasi dengan dunia industri.

"Jadi kompetensi peserta vokasi, langsung nyambung dengan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan industri," kata Menaker Hanif, Jumat petang, 8 September 2017, saat mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Kejuruan di kudus yang mendapat pembinaan dari Djarum Foundation.

Jika dunia industri sebagai pihak yang membutuhkan lulusan pelatihan atau pendidikan vokasi, ikut menentukan kurikulum, mengirim instruktur dan sarana prasarana, sudah dipstikan nyambung dengan pasar kerja.

"Inilah hal positif jika industri dan swasta terlibat. Pemerintah terus mendorong keterlibatan mereka," tandasnya.

Jika kerjasama pemerintah dengan industri dalam hal pelatihan dan pendidikan vokasi jalan, tak ada cerita lulusan SMK menganggur, seperti yang dialami sebagian alumninya selama ini.

Pemerintah tengah menggenjot peningkatan SDM pekerja melalui vokasi. Pendidikan vokasi ditangani Kemendikbud, sedangkan Kemnaker menangani pelatihan vokasi melalui Balai Latihan Kerja (BLK). Praktik baik yang telah ditunjukkan oleh SMK binaan Djarum Foundation, akan diadopsi pada BLK yang dikelola Kemnaker.

Menteri Hanif mengunjungi empat SMK dari 15 SMK binaan Djarum Foundation di Kudus, yakni SMK Wisudha Karya, SMKN 1, SMK NU Banat dan Raden Umar Said. Semuanya menggunakan kurikulum, menghadirkan instruktur serta peralatan canggih sesuai dengan kebutuhan industri.

SMK Wisudha Karya unggul pada jurusan Teknik Kelautan, Studi Kelautan dan Teknik Mesin. Di SMK ini misalnya, dilengkapi alat simulator navigasi kapal kelas dunia. SMKN 1 Kudus memiliki program unggulan Seni Kuliner.

SMK NU Banat memiliki reputasi internasional di bidang Fashion Design. Siswinya dilatih tak hanya menjahit, tapi merancang disain, mengikuti pagelaran, serta menjualnya dengan kualitas premium.

SMK Raden Umar Said vokus pada kejuruan Disain Grafis, Animasi, Komunikasi Visual dan Rekayasa Perangkat Lunak. Karya visual siswa SMK ini sudah tembus pasar internasional.

Direktur Djarum Foundation, Primadi mengatakan, penyusunan kurikulum, tenaga instruktur serta peralatan di SMK binaan, seluruhnya mengacu pada perkembangan dan kebutuhan dunia industri. "Seluruh SMK tersebut sudah menghasilkan karya sesuai permintaan pasar, yang hasilnya mampu membantu pengembangan sekolahan dan siswa itu sendiri. Karena sekolah unggulan membutuhkan pembiayaan besar," ujarnya.



(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Cium Kening Istri, SBY Rayakan HUT Demokrat dengan Potong Tumpeng

Posted: 08 Sep 2017 08:15 PM PDT

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat acara potong tumpeng dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Peringatan ulang tahun Partai Demokrat ini dirayakan dengan sederhana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat acara potong tumpeng dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Peringatan ulang tahun Partai Demokrat ini dirayakan dengan sederhana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Acara HUT Partai Demokrat ini dirayakan bersama kader dan warga sekitar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Acara HUT Partai Demokrat ini dirayakan bersama kader dan warga sekitar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keluarga  Susilo Bambang Yudhoyono saat hadir dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Peringatan ulang tahun Partai Demokrat ini dirayakan dengan sederhana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keluarga Susilo Bambang Yudhoyono saat hadir dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Peringatan ulang tahun Partai Demokrat ini dirayakan dengan sederhana. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memotong tumpeng dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memotong tumpeng dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberi potongan tumpeng kepada Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberi potongan tumpeng kepada Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Acara HUT Partai Demokrat ini dirayakan bersama kader dan warga sekitar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). Acara HUT Partai Demokrat ini dirayakan bersama kader dan warga sekitar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Suasana saat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Suasana saat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato dalam perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pidato saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-16 di Cikeas, Jawa Barat, Sabtu (9/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persib Vs Semen Padang: Maung Incar Korban Lagi

Posted: 08 Sep 2017 08:15 PM PDT

Persib Bandung bakal mencoba melanjutkan performa apiknya saat menjamu Semen Padang di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Sabtu (9/9/17) dalam lanjutan Liga 1 2017. Persib harus memanfaatkan performa inkonsisten tim tamu.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Maung Bandung jelas lebih diunggulkan. Apalagi di atas kertas mereka unggul secara rekor pertemuan atas tim berjulukan Kabau Sirah ini.

Dalam 17 kali bersua Semen Padang, Persib delapan kali meraih kemenangan, cuma tiga kali kalah, sedang enam di antaranya berakhir imbang. Hal ini bisa menjadi salah satu ukuran pertandingan nanti.

Selain itu, Semen Padang datang ke Bandung dengan kondisi yang kurang stabil. Hasil inkonsisten dalam lima laga terakhir menjadi alasan. Mereka terakhir kali merengkuh kemenangan pada 5 Agustus lalu, atau sudah lebih dari sebulan yang lalu.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan Persib. Semenjak 5 Agustus lalu, Persib tak pernah menyentuh kekalahan dengan tiga di antaranya menang, sedang dua kali imbang. Persib jelas di atas angin.

Terakhir, Persib bahkan menang 4-1 atas tuan rumah Sriwijaya FC di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang. Semen Padang bukan mustahil menjadi korban Maung Bandung berikutnya di Liga 1.

Konfrensi pers Persib Bandung vs Semen Padang (Liputan6.com / Kukuh Saokani)

"Insya Allah Persib sudah siap untuk menghadapi Semen Padang tentunya target Persib selalu ingin menangkan pertandingan dan merebut 3 angka seperti yang kami canangkan karena tren Persib sedang bagus-bagusnya," ungkap Pelatih Persib, Emral Abus.

Kendati demikian, salah bila Persib meremehkan Semen Padang. Meski tengah terluka, Semen Padang menyimpan potensi bak granat yang siap meledak sewaktu-waktu.

Mereka juga punya pengalaman indah di Si Jalak Harupat. Kala itu Kabau Sirah menang 2-1 atas Maung Bandung lewat gol Esteban Vizcarra dan bunuh diri Supardi Nasir pada Indonesia Super League 2014.

Andai tercelat lagi, posisi Semen Padang kian riskan di klasemen Liga 1 2017. Tim asuhan Nilmaizar ini sekarang cuma berselisih delapan poin dari penghuni zona merah, Perseru Serui.

"Kami bertekad memberikan yang terbaik buat semen Padang, anak-anak sudah bertekad seluruh kemampuan yang ada pada dirinya menunjukkan bahwa Semen Padang bukan tim yang diremehkan walau di klasemen sedikit di bawah," papar Nilmaizar.

Hubungan masa lalu Nil Maizar dan Emral Abus meramaikan duel Persib Vs Semen Padang. (Bola.com/Muhammad Ginanjar)

Fakta Pertandingan

- Persib masih menjadi tim yang belum terkalahkan di kandangnya. Dari 10 kali bertindak sebagai tuan rumah, enam di antaranya menang, dan empat imbang.

- Hal ini berbanding terbalik dengan Semen Padang. Mereka baru sekali menang di laga tandang di Liga 1.

- Persib sudah bobol gawang Semen Padang 14 kali kala bertindak sebagai tuan rumah.

- Sedang Semen Padang baru mencetak empat gol di Bandung.

- Persib juga menjadi tim dengan pertahanan terbaik kedua di Liga 1 (20) setelah Persija Jakarta (14).

Head to Head Persib vs Semen Pandang

13/05/17 Semen Padang 0 – 0 Persib
11/03/17 Persib 1 – 0 Semen Padang
19/11/16 Persib 1 – 0 Semen Padang
25/07/16 Semen Padang 4 – 0 Persib
04/04/15 Persib 1 – 0 Semen Padang

Para pemain Persib Bandung (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Lima Pertandingan Terakhir Persib  Bandung

04/09/17 Sriwijaya FC 1 – 4 Persib
28/08/17 Persipura 0 – 0 Persib
20/08/17 Persib 6 – 0 Gresik United
12/08/17 Arema 0 – 0 Persib
05/08/17 Persib 3 – 1 PS TNI

Lima Pertandingan Terakhir Semen Padang FC

04/09/17 Persipura Jayapura 3 – 0 Semen Padang
31/08/17 Semen Padang 1 – 1 Borneo
24/08/17 Semen Padang 1 – 3 Bali United
11/08/17 Sriwijaya 0 – 0 Semen Padang
05/08/17 Semen Padang 4 – 1 Gresik United

Susunan Pemain:

Persib Bandung: M Natshir; Henhen Herdiana, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Toni Sucipto; Dedi Kusnadar, Kim Jeffery Kuniawan, Michael Essien; Shohei Matsunaga, Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel.

Semen Padang FC: Jandia Eka Putra; Novan Setya Sasongko, Cassio de Jesus, Agung Prasetyo, Hengki Ardiles; Riko Simanjuntak, Vendry Mofu, Ko Jae Sung, Irsyad Maulana, Marcel Sacramento, Muchlis Hadi Ning.

(Eka Setiawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingat, Bantal pada Headrest Justru Berbahaya

Posted: 08 Sep 2017 08:10 PM PDT

Berbagai cara dilakukan pengemudi dan penumpang agar tetap nyaman di dalam mobil selama di perjalanan. Salah satunya menggunakan bantalan headrest.

Aksesoris yang digunakan untuk mengganjel leher ini dianggap mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Selain itu, bantalan headrest ini banyak di pasaran dengan beragam desain, bentuk dan warna yang disesuaikan dengan keinginan.

Namun ternyata penggunaan bantalan headrestsangat berbahaya, sehingga dapat membuat terjadinya whiplash. Di dunia kesehatan, whiplash adalah kondisi cedera leher di mana leher dipaksa "menjulur" terlalu jauh ke belakang lalu secara cepat maju ke depan.

"Karena akan mengurangi fungsi dari headrest yang melindungi leher pengemudi atau penumpang saat terjadi kecelakaan atau tabrakan dari belakang terjadi. Badan dan kepala kita akan terdorong oleh momentum ke depan," jelas pendiri dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (8/9/2017).

Lebih lanjut Jusri menyatakan, setelah terdorong, maka hal itu membuat kepala dan leher kembali balik untuk menyentuh headrest.

Namun karena bagian leher terganjal bantal, maka hal itu akan membuat bagian kepala tak dapat menyentuh headrest karena tertahan bantal.

"Akhirnya sama saja seperti orang lari tersandung itu jadi jatuh. Padahal dari leher sampai kepala, yang berat adalah kepala. Tapi saat itu hanya kepala yang belum bersandar maksimal, karena leher ketahan. Kondisi ini leher bisa patah," jelasnya.

Oleh karena itu, Jusri menuturkan, penggunaan bantalan leher pada headrest bukan sekedar tidak disarankan, melainkan dilarang, karena dapat menyebabkan cedera.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Model jok ini memiliki headrest.

Pada hakikatnya, headrest yang posisinya berada di bagian atas jok ini memiliki peranan sangat penting. Bahkan headrest tergolong menjadi salah satu fitur keselamatan yang patut diterapkan pada semua mobil.

Menurut Jusri, headrest bukan untuk tempat istirahat kepala, melainkan alat untuk mengurangi risiko cedera leher pada saat terjadi tabrakan dari belakang.

"Headrest itu merupakan bagian dari restraint system, yaitu alat pengaman penumpang atau pengemudi dalam kendaraan. Jadi, untuk mengurangi pada kecelakaan kecelakaan serius maupun nonserius," ungkap Jusri saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (7/9/2017).

Kendati begitu, masih banyak konsumen yang belum teredukasi perihal fungsi headrest. Tak sedikit pula yang memilih mencopot headrest dengan berbagai alasan.

Jadi, fungsi headrest ini tergolong krusial. Pasalnya, saat terjadi kecelakaan, tubuh akan terdorong ke depan, sedangkan bagian leher hingga kepala justru akan terdorong ke belakang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diajak Nikah? Tanyakan 5 Hal ini Dulu!

Posted: 08 Sep 2017 08:09 PM PDT

Setiap orang tentu hanya ingin menikah satu kali dalam hidupnya. Oleh sebab itu banyak hal yang harus dipersiapkan agar pernikahan berjalan langgeng dan sesuai dengan harapan. Dan amit-amit, jangan sampai berakhir seperti kasus pembunuhan pegawai BNN.

(Baca juga: 5 Tanda Pacaran yang Serius dan Bisa Melangkah ke Pernikahan)

Sayangnya, banyak orang yang terburu-buru menikah ketika merasa bertemu dengan pasangan idamannya. Maka tak jarang bila kita sering mendengar istri yang mengeluhkan sikap suaminya berubah setelah menikah atau sebaliknya.

Padahal mungkin masalahnya bukan pada perubahan sikap, namun karena ada perbedaan prinsip dan pendirian yang tidak disadari sejak awal. Nah, sebelum menyesal, coba tanyakan lima hal seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini kepada calon pasangan Anda.

1. Seberapa pentingkah agama

Dua orang yang menikah tidak hanya mengikat janji di mata manusia namun juga di mata Tuhannya. Maka sebelum berumah tangga, sangat penting untuk mengetahui seberapa religius pasangan Anda.

Kehidupan sehari-hari yang dijalankan bersama tentu tak terlepas dari aturan keagamaan. Mulai dari ibadah harian, adab bermasyarakat, sampai dengan pola asuh anak. Tidak heran ada banyak pasangan suami istri yang bercerai karena merasa tidak sejalan dalam prinsip beragama.

2. Utangku adalah hutangmu

Masalah keuangan menjadi hal nomor dua yang patut ditanyakan kepada calon suami. Pasalnya suami berperan sebagai pencari nafkah utama dalam keluarga. Untuk itu, Ia akan lebih banyak mengambil keputusan soal keuangan.

Namun apabila Anda memiliki sejumlah hutang sebelum menikah, apakah Ia mau melunasinya? Pasangan yang ideal adalah ia yang dengan ringan hati membagi materi dalam kondisi mudah maupun susah.

3. Sepuluh tahun dari sekarang

Laki-laki yang visioner dan memiliki tujuan yang jelas patut dipilih sebagai pendamping hidup. Oleh karena itu, coba tanyakan kepadanya mengenai tujuan yang akan dicapai 10 tahun mendatang.

Apakah kalian sudah memiliki dua anak dan tinggal di sebuah rumah pribadi bersama? Atau Ia berencana untuk pensiun dini dan mengembangkan usaha dari modal sendiri? Apapun itu, biarkan Ia mengutarakan rencana dan harapannya di masa depan.

Hanya saja penting untuk memastikan bahwa dalam kurun waktu sepuluh tahun tersebut Anda dan keluarga benar-benar sudah tidak tinggal di pondok mertua indah atau rumah kontrakan. Kesungguhannya untuk memiliki tempat tinggal sendiri perlu Anda jadikan pertimbangan.

4. Keluargaku juga keluargamu

Menikah juga diartikan sebagai penyatuan dua keluarga. Itu artinya Anda dan suami harus paham apabila sewaktu-waktu diminta tolong atau berinisiatif menawarkan bantuan kepada keluarga calon pasangan.

(Simak juga: Aneka pilihan lokasi perumahan dengan bujet di bawah Rp300 jutaan)

Meskipun terkesan basa-basi, namun wujud perhatian dan ketulusan hati yang diberi calon suami ke keluarga Anda bisa menjadi bukti keseriusan dalam membangun rumah tangga.

5. Serba-serbi pengasuhan anak

Sebelum menikah sangat penting mengetahui prioritas pasangan dalam memiliki dan mengasuh anak. Seperti, kapan mulai menjalankan program kehamilan? Berapa jumlah anak yang dikehendaki? Apakah akan menggunakan alat kontrasepsi?

Setelah dikaruniai anak, beberapa pertanyaan seputar pola asuh anak juga harus disepakati bersama. Jangan sampai Anda keberatan menjalani tugas sebagai ibu rumah tangga.

Dan yang tak kalah pentingnya juga menyiapkan dana untuk pendidikan anak kelak dengan asumsi kenaikan biaya setiap tahunnya.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Kerja Petugas Katering Pastikan Makanan Jemaah Haji Aman

Posted: 08 Sep 2017 08:08 PM PDT

Jam menunjukkan pukul 23.30 waktu Arab Saudi (WAS) ketika sejumlah petugas bergegas menaiki mobil yang bergerak menuju perusahaan Katering Al Juman, di kawasan Batha Quraisy, Mekah. Saat jemaah haji justru sedang terlelap tidur, petugas harus tetap terjaga untuk memastikan makanan yang nanti akan didistribusikan dalam keadaan baik dan sesuai ketentuan.

Tim yang dipimpin langsung Kepala Seksi Katering Daker Mekah, Evy Nuryana, tiba di lokasi pukul 01.30 WAS. Tim langsung bergerak menuju dapur. Pemilik perusahaan dan chef profesional asli Indonesia yang ada di dapur tampak kaget. Mereka tidak menyangka akan disidak.

Saat rombongan tiba, proses memasak baru akan dimulai. Bahan-bahan sudah disiapkan sesuai jumlah porsi masing-masing. Ada potongan terong yang akan ditumis, ada juga udang dan ayam untuk dimasak.

Sementara, tungku-tungku berukuran besar mulai dinyalakan. Wajan berukuran raksasa langsung dituangkan minyak dan dipanaskan. Tim pengawas terus mengawasi kerja juru masak dan anak buahnya.

Tim katering Daker Mekah terus mengawasi guna memastikan setiap bahan makanan yang digunakan benar-benar dalam kondisi segar dan layak makan.

Rusna Purnama, Indrawiguna, Ubaidillah, dan Hasan sesekali menciumi bahan makanan yang akan dimasak. Mereka juga meneliti proses demi proses setiap tahapan masakan.

Hal ini penting dilakukan. Selain memastikan semuanya sesuai kontrak, juga makanan yang dihasilkan nantinya berkualitas bagi jemaah.

Selain dapur, mereka juga memeriksa gudang dan ruang simpan (freezer) bahan baku. Satu per satu bahan dicek, memastikan tidak dalam kondisi kedaluwarsa. Juga suhu ruangan yang harus sesuai ketentuan.

"Ini kami lakukan setiap hari. Untuk pengawasan sejak persiapan, kami sudah harus melakukannya sejak jam 12 malam," ujar Evy, Sabtu dini hari, (9/9/2017).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sementara pengawasan akhir akan dimulai pada pukul 03.00 pagi. Selain proses masak, pengawasan juga dilakukan sampai proses pengemasan makanan. Di masa puncak, proses ini sering baru selesai jam 07.00 pagi.

Makanan yang sudah di-packing kemudian disimpan dalam hitter (penghangat) untuk menjaga kualitas makanan. Mulai jam 8-11, makanan itu mulai didistribusikan ke jemaah dalam keadaan tetap hangat.

Demi memastikan kualitas makan siang para tamu-tamu Allah yang Maha Rahman, tim pengawas harus terus bekerja sejak tengah malam.

Beristirahat sejenak, mereka harus melanjutkan proses selanjutnya untuk pengawasan proses penyediaan makan malam Duyufurrahman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Gubernur Kalteng Ragu Anggota DPRD Aktor Pembakaran Sekolah

Posted: 08 Sep 2017 08:05 PM PDT

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Ismail mengharapkan kepolisian terbuka dan tuntas dalam menegakkan hukum dalam perkara pembakaran tujuh sekolah dasar di Kota Palangka Raya.

Keterbukaan sangat diperlukan karena sampai sekarang banyak masyarakat sangat tidak yakin Yansen Binti (YB) bisa melakukan dan menjadi dalang pembakaran tujuh sekolah itu.

"YB selama ini dikenal pribadi yang sangat baik dan suka menolong. Saya secara pribadi sangat kenal dengan sosok YB. Saya pribadi sampai tidak habis pikir. Andai YB pelakunya, saya tidak habis pikir, apa sebenarnya motifnya," ujar Ismail di Palangka Raya, Jumat, 8 September 2017, dilansir Antara.

Mantan anggota DPRD Kalteng dan juga anggota Dewan Perwakilan Daerah RI itu menyebutkan bahwa YB sosok yang sangat baik, memiliki jiwa kepemimpinan, ramah dan sederhana.

"Itu sosok yang saya kenal dari YB selama bergaul. Itu yang membuat saya sampai tidak habis pikir YB pelaku pembakaran sekolah di Palangka Raya ini. Andai benar, motif sebenarnya apa. Kasus ini harus dituntaskan sampai keakar-akarnya dan dilakukan secara terbuka," kata Ismail.

Polda Kalimantan Tengah pada Senin malam, 4 September 2017, menetapkan YB sebagai ditetapkan sebagai tersangka pembakaran sejumlah sekolah dasar di Kota Palangka Raya, setelah diperiksa selama hampir 12 jam. Pada Selasa siang, 5 September 2017, YB pun dibawa menggunakan helikopter ke Banjarmasin untuk diterbangkan ke Markas Besar Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 7 September 2017, mengatakan patut diduga Yansen Binti sebagai orang yang menyuruh melakukan dan mendanai para pelaku pembakar sekolah di Palangka Raya.

"Diduga memerintahkan pembakaran di sejumlah SD dengan tujuan mendapatkan perhatian berupa proyek dari gubernur. Kalau minta proyek, proyek apa? Ini masih didalami," kata Martinus.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui bahwa rencana pembakaran dibahas di ruangan YB di Gedung KONI pada 30 Juni 2017 yang dihadiri para eksekutor pembakaran sekolah.

Kala itu, YB mengiming-iming akan memberikan imbalan kepada pelaku dengan kisaran Rp 20 juta hingga Rp 120 juta per satu sekolah yang dibakar. Saat itu, YB memerintahkan pembakaran terhadap 10 sekolah.

"Pembakaran sejumlah SD itu dilakukan oleh tersangka Suryansyah, Indra Gunawan, Yosef Dadu, Yosef Duya, Sayuti, Fahri alias Ogut, Stepano alias Agit. Sementara, Ahmad Ghozali alias Nora sebagai koordinator pembakaran." kata Martinus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Remaja Transgender yang Ingin Kembali Menjadi Pria

Posted: 08 Sep 2017 08:05 PM PDT

Seorang siswa Australia yang memutuskan mengubah dirinya menjadi perempuan, kini memikirkan kembali keputusannya itu. Dua tahun setelah menjalani program transisi, ia ingin kembali menjadi laki-laki.

Pada usia 12 tahun, Patrick Mitchell memohon kepada ibunya agar mendapat terapi hormon estrogen setelah dokter mengdiagnosis bahwa dirinya mengidap disforia gender.

Dikutip dari Independent, Jumat (8/9/2017), disforia gender adalah kondisi di mana seseorang mengalami penderitaan karena ada ketidakcocokan antara jenis kelamin biologis dengan identitas gender.

"Aku melihat seorang gadis dalam diriku dan merasa ingin menjadi dirinya," ujar Mitchell kepada 60 Minutes.

Setelah mendengarkan saran dari para profesional yang menyarankan untuk mengubah kondisi biologisnya menjadi perempuan, ibunya sangat mendukung dan Mitchell mulai melakukan transisi.

Ia menumbuhkan rambutnya dan mulai menerima asupan hormon yang membuat payudaranya tumbuh. Namun, setelah dua tahun berjalan, keputusannya mulai goyah.

Pada awal 2017, para guru di sekolahnya mulai menganggapnya sebagai seorang perempuan. Namun, hal itu membuat Mitchell mempertanyakan apakah ia telah membuat keputusan yang tepat.

"Aku mulai menyadari bahwa aku sebenarnya nyaman dengan tubuhku sendiri. Setiap hari aku merasa lebih baik," ujar Mitchell kepada Now To Love.

Akibatnya, Mitchell mengaku kepada ibunya dan menjelaskan bahwa ia ingin kembali menjadi laki-laki.

"Ia menatap mataku dan berkata, 'Aku tidak yakin bahwa aku adalah seorang perempuan'," jelas ibunya.

Saat ini, dalam upaya kembali ke tubuh aslinya, ia telah berhenti minum obat dan hendak melakukan operasi untuk membuang jaringan payudaranya yang berlebih dalam tahap akhir peralihannya.

Meski disforia gender jarang terjadi, jumlah orang yang didiagnosis mengalami kondisi itu semakin meningkat, menyusul meningkatnya kesadaran masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

IDI : Dokter Jual Obat Itu Langgar Aturan

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar Wahyudi Muchsin menegaskan, dokter yang dengan sengaja menjual atau mengarahkan pasien menebus obat di tempat yang ditunjuk, itu melanggar aturan.

"Bila betul terjadi, maka oknum dokter bersangkutan melanggar Undang-undang Kedokteran serta kode etik dokter," katanya saat dikonfirmasi wartawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat.

Kejadian ini mengemuka menyusul adanya keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi yang merasa diakali oknum dokter Interna bernama dokter EF bekerja sama dengan perawat di RS setempat yang mengarahkan keluarga pasien menebus obat di apotek miliknya pada Rabu (7/9) malam.

Pasien tersebut diketahui bernama Sudira (68) peserta BPJS Kesehatan mengidap penyakit diabetes atau gula dan masuk di RSUD setempat pada Rabu pagi, selanjutnya ditangani perawat.

Menurut dia, bila peserta telah terdaftar di BPJS Kesehatan, tentu tidak dibebankan biaya apapun. Dengan kejadian ini, pihaknya menyesalkan masih ada oknum dokter melakukan hal seperti itu, sanksi berat bisa dijatuhkan seperti mencabut izin apotek hingga gelar dokternya dicabut.

Kendati demikian, pihaknya berharap agar keluarga pasien melaporkan kejadian menimpanya, selanjutnya akan melakukan pengecekan terhadap pelayanan dokter terhadap pasien di rumah sakit setempat.

"Kami tetap menunggu laporan dari pasien untuk menindaklanjuti persoalan itu, termasuk mengecek kembali pelayanan para dokter di sana, selanjutnya akan usut, bila memang ada kejadian seperti itu maka akan diberikan teguran maupun sanksi," ujar Muchsin.

Sebelumnya, berdasarkan penuturan anak pasien, Imran Kadir kepada wartawan, kejadian bermula ketika ibunya masuk di rumah sakit karena merasa lemah dan gula darah naik sehingga mengalami drop.

Ketika memasuki malam, adik perempuannya saat menjaga ibunya, diminta menebus obat di Apotek Watuliandu, jalan Kumala nomor 70 B, oleh perawat yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan dokter dimaksud tanpa membawa resep ke apotek milik dokter tersebut.

Adiknya pun berusaha ke apotek dituju, namun karena dana yang dibawa tidak cukup hanya Rp350.000 dari harga dua jenis obat tersebut sebesar Rp450.000, pihak apotek lalu memberikan keringanan dengan memberikan obat, meski tanpa kwitansi pembelian.

Merasa ada keganjilan, Imran pun melakukan kroscek ke beberapa apotek dengan berpura-pura menanyakan harga kedua obat itu yakni obat nafsu makan, dan diabetes cair untuk dicampur dalam cairan infus. Namun hanya obat diabetes saja diketahui harganya seratusan ribu lebih.

"Di tempat lain harga obat itu hanya seratusan lebih, sementara pil katanya penambah nafsu makan tidak ada yang tahu jenisnya. Nah, nanti di apotek Watuliandau itu ada, tetapi awalnya mengaku tidak ada, tapi setelah dikatakan beli di sini ya, baru ada," ucap Imran menirukan penjaga apotek.

Karena merasa dikecewakan pihak rumah sakit, disamping pelayanan kurang maksimal, dirinya langsung membawa pulang ibunya pada Kamis (7/9) malam, sembari berobat jalan di rumah sakit lain yang lebih baik.

Apotek yang dimaksud pun, ungkap dia, letaknya berdampingan dengan ruangan praktik dokter bersangkutan bersama istrinya diketahui juga dokter di salah satu rumah sakit di Makassar.

Secara terpisah, dokter Efendy yang berdinas di rumah sakit setempat saat ditemui di ruangannya berdalih, dirinya tidak menjual obat kepada pasien. Namun dirinya mengakui mempunyai apotek.

"Kami tolong ibu Sudira itu agar cepat ditangani karena darurat, uangnya obat pun kurang tapi kami maklum. Saya memang punya apotek, tapi bukan saya menjual obat, apalagi mengarahkan pasien membeli obat di apotek. Dua jenis obat memang dibeli di apotek saya, karena obat di sini habis," ujarnya berdalih.

Efendi mengatakan yang bersangkutan mengalami penyakit diabetes serta nafsu makannya menurun, terlihat pada kondisi tubuhnya yang kurus. Dokter ini pun menyayangkan keluarga membawa pulang pasien padahal kadar gulanya masih tinggi.

Kendati demikian, ia mengakui membuka praktik di rumahnya bersama istri yang juga dokter di rumah sakit lain hingga membangun apotek untuk memudahkan pasien berobat.

Dalam aturan praktik dokter sekaligus langsung memberikan obat kepada pasien (Self Dispensing) adalah pelanggaran kode etik profesi kedokteran, dan menyalahi disiplin. Bila ada yang melaporkan dapat dikenai tuduhan melanggar tata cara pengadaan obat.

Kode Etik Kedokteran diatur dalam Undang-undang Praktik Kedokteran nomor 29 tahun 2004, dan secara umum diatur dalam Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

Selain itu, Self Dispensing dibenarkan apabila tidak ada sarana, seperti apotek di sekitar tempat praktik. Apotek pun boleh dibangun berjarak minimal 10 kilometer dari tempat praktik dokter.(Darwin Fatir/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Sepak Bola, 9 September 2017

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Persib Bandung bakal menjamu Semen Padang pada pekan ke-23 Liga 1, Sabtu (9/9/2017) di Stadion Si Jalak Harupat. Kedua tim pastinya sama-sama mematok tiga poin pada laga tersebut.

Persib saat ini sedang berada di peringkat ke-9 klasemen sementara Liga 1 dengan 32 poin. Michael Essien dan kawan-kawan membutuhkan tiga poin agar bisa merangkak ke papan atas klasemen.

Semen Padang selaku tim tamu juga tak ingin kalah. Pasukan Nil Maizar boleh dibilang lebih membutuhkan tiga poin ketimbang Persib. Pasalnya, mereka kini ada di peringkat ke-13 dengan 27 poin.

Selain Persib Bandung, yang juga akan bertanding hari ini adalah Bhayangkara FC. Evan Dimas dan kawan-kawan akan meladeni Persipura Jayapura di Stadion Patriot, Bekasi.

Dari mancanegara, Liga-liga top Eropa yang dua pekan libur kini sudah bergulir. Arsenal misalnya, akan menjamu Bournemouth di Emirates Stadium.

Laga ini penting buat The Gunners untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka. Tiga poin wajib diraih skuat asuhan Arsene Wenger agar tetap berada di jalur juara.

 

Liga 1
Persib Bandung Vs Semen Padang (Stadion Si Jalak Harupat, 15:30 Live di Tv One)
Bhayangkara FC Vs Persipura Jayapura (Stadion Patriot, 18:30 Live di Tv One)

Liga Inggris
Manchester City Vs Liverpool (Etihad Stadium, 18:30 Live di MNC TV/Bein Sports 1)
Arsenal Vs Bournemouth (Emirates Stadium, 21:00 Live di Bein Sports 2)
Everton Vs Tottenham Hotspurs (Goodison Park, 21:00 Live di Bein Sports 3)
Stoke City Vs Manchester United (Bet365 Stadium, 23:30 Live di RCTI/Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Area Tubuh Wanita yang Menarik Pria

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Jika selama ini Anda berpendapat bahwa penampilan merupakan hal yang paling menarik perhatian pria, ternyata ada hal lain yang lebih menarik. Ya, beberapa bagian tubuh wanita ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para pria. Bokong, bibir, rambut, dan mata, hanyalah beberapa dari 10 bagian tubuh yang dilirik oleh para pria. Penasaran apa saja?

Selain mengenai bagian tubuh, terdapat dua artikel lainnya yang menarik untuk Anda baca. Semuanya terangkum dalam Top 3 Lifestyle, Sabtu (9/9/2017) berikut ini.

1. 10 Area Tubuh Wanita yang Paling Menarik bagi Kaum Pria

Ilustrasi Foto Gaya Hidup Wanita (iStockphoto)

Penampilan tetap menjadi satu hal yang paling penting dan menarik perhatian kaum pria, terutama beberapa area tubuh wanita. Seperti yang Anda ketahui, kaum pria adalah makhluk visual.

Apakah Anda pernah merasa penasaran area tubuh wanita mana saja yang paling menarik perhatian kaum pria? Baca selengkapnya di sini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Berikut lima rutinitas kecantikan yang harus dihindari bagi Anda pemilik kulit berminyak. (Foto: iStockphoto)

Kulit wajah berminyak menjadi permasalahan yang kerap kali mengganggu. Perlu diketaui, kulit wajah yang berminyak lebih rentan berjerawat dan terlihat kusam. Selain melakukan antisipasi dengan serangkaian perawatan, Anda juga harus menghindari hal-hal yang dapat membuat kulit Anda semakin berminyak. Baca di sini.

Ilustrasi Foto Gaya Hidup Wanita (iStockphoto)

Anda tentu juga menyadari bahwa penampilan terkadang bisa menipu, baik pria maupun wanita. Ketika Anda berharap menjalin sebuah hubungan jangka panjang, tentu kualitas pasangan tidak hanya dilihat dari penampilan, bukan? Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reksa Dana Bisa Jadi Pilihan Investasi

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Aset pilihan investasi bisa berupa sektor riil dan sektor keuangan. Di sektor keuangan ada sejumlah aset investasi berupa saham, obligasi, reksa dana dan lainnya.

Salah satu pilihan investasi di sektor keuangan yang dapat jadi pilihan yaitu reksa dana. Apalagi bagi Anda memiliki waktu banyak untuk memantau informasi dan punya dana lebih, reksa dana bisa jadi pertimbangan bagi Anda.

Lalu apa itu reksa dana? Fixed Income Fund Manager PT Ashmore Asset Management Indonesia Anil Kumar menuturkan, berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, reksa dana dipergunakan untuk himpun dana dari pemodal atau investor yang kemudian digunakan oleh manajer investasi atau portfolio manager untuk investasi di portofolio efek.

"Apa saja portofolio efek yang yang ada di Indonesia bisa berupa obligasi dan saham. Di Indonesia saat ini reksa dana dalam bentuk kontrak investasi kolektif," ujar Anil, seperti ditulis Jumat (8/9/2017).

Anil menuturkan, tujuan investasi reksa dana untuk mempermudah investor dalam berinvestasi dengan nilai lebih kecil. "jika kita mau investasi langsung ke saham harus buka akun di perusahaan sekuritas nilainya lebih besar ketimbang reksa dana yang bisa mulai dari Rp 100 ribu itu keuntungan pertama," jelas dia.

Ia menambahkan, investor juga dapat manfaat dari segi perpajakan dengan investasi reksa dana.

"Obligasi beli hari ini diberikan pajak 15 persen. Melalui reksa dana, pajak atas keuntungan obligasi dan kupon yang diterima bisa turun lima persen," kata dia.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesra dengan Jefri Nichol, Michelle Ziudith Sampai Risih

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Hampir semua film yang dibintangi Michelle Ziudith bergenre drama romantis. Namun baru dalam film One Fine Day, Michelle Ziudith merasa sesuatu yang berbeda dan belum pernah ia rasakan.

Cewek 22 tahun menceritakan, ada satu adegan yang sangat romantis yang belum pernah ia lakukan dalam film sebelumnya. Dalam adegan itu, Michelle Ziudith sedang beradu akting mesra dengan Jefri Nichol.

Para bitnang film One Fine Day, Michelle Ziudith, Jefri Nichol dan Maxime Bouttier. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Itu kali pertama adegan terlalu intim, sampai take berkali-kali," kata Michelle Ziudith, ditemui dalam acara rillis official trailer dan poster film One Fine Day, di Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Bahkan, Michelle Ziudit merasa risih dengan adegan tersebut. Namun mau tak mau, ia harus melakukannya untuk menyempurnakan aktingnya sebagai Alana. 

"Berasa canggung, risih, tapi kalau Alana akan menikmati hal itu. Saya harus menikmati hal itu," ujar Michelle Ziudith.

Michelle Ziudith (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Michelle Ziudith kembali merasa ini merupakan kali pertama ia beradegan begitu dekat dengan lawan mainnya. "Enggak pernah sedekat itu sama cowok. Begitu juga Michelle dalam nyatanya," kata Michelle Ziudith.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atur Fungsi Otomatis di Android, Bagaimana Caranya?

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Seiring berjalannya waktu, Android tak dimungkiri telah berkembang menjadi semakin mumpuni. Fitur dan kemampuan sistem operasi yang identik dengan karakter robot hijau ini pun tak dimungkiri kian pintar.

Salah satu fitur yang sebenarnya cukup membantu untuk pengguna Android adalah pengaturan otomatis. Sesuai namanya, pengaturan ini memungkinkan pengguna Android menjalankan sejumlah fungsi secara otomatis. 

Sayangnya, tak semua pengguna Android mengatahui fitur ini. Padahal, fitur otomatis ini dapat memudahkan para pengguna dalam aktivitas sehari-hari.

Karenanya, artikel ini akan mengupas sejumlah pengaturan otomatis yang dapat dilakukan di perangkat Android. Apa saja fitur itu? Simak daftarnya yang sudah dikutip dari laman Android Autorithy, Sabtu (9/9/2017).

1. Do Not Distrub

Fitur ini dapat membantu kamu yang ingin menikmati waktu tanpa gangguan dari telepon dan pesan singkat saat sedang berlibur atau sekadar ingin beristirahat.

Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan kamu mengatur waktu agar perangkat berada dalam modus senyap dalam satu hari. Tak hanya itu, kamu dapat membuat jadwal harian untuk fitur ini aktif.

Cara mengaktifkannya pun mudah. Kamu cukup membuka pengaturan di menu 'Sound' (nama menu ini bisa berbeda-beda tergantung model'.

Setelah itu, kamu tinggal melakukan pengaturan kapan fitur ini aktif, mulai dari jam, hari, termasuk notifikasi yang masih diperbolehkan muncul.

Dengan mengaktifkan fitur otomatis untuk pencadangan (backup) foto dan video berbasis penyimpanan awan (cloud), kamu dipastikan tetap dapat mengaksesnya apabila perangkat tiba-tiba rusak atau hilang.

Untuk memulai proses otomasi proses backup foto dan video, kamu dapat membuka aplikasi Google Photos. Kami memilih Google Photos karena aplikasi ini sudah menjadi barang wajib di Android. 

Setelah aplikasi terbuka, pilih opsi 'Settings' di bagian kanan layar. Lalu, kamu tinggal mengaktifkan fitur 'Back up & sync'.

Satu hal penting adalah kamu dapat secara otomatis pula mengosongkan memori di perangkat dengan fitur 'Free up device storage' yang ada di aplikasi.

Lewat fitur ini, Photos akan secara otomatis menghapus foto atau video yang sudah dicadangkan sehingga memori perangkat akan kembali lega.

3. Smart Lock

Fitur ini membantu pengguna perangkat Android yang tak ingin kerepotan membuka smartphone dengan PIN, pattern, atau pemindai sidik jari saat berada di tempat yang sekiranya aman, seperti rumah.

Tertarik mencobanya? Kamu cukup membuka 'Settings' dan pilih menu 'Security & fingerprint' (nama menu dapat berbeda di tiap perangkat). Setelah itu, pilih dan buka opsi 'Smart Lock'.

Di dalamnya, kamu akan menemukan beragam kondisi yang membuat perangkat dapat otomatis terbuka, mulai dari berdasarkan lokasi hingga suara. Kamu cukup mengatur opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keindahan 23 Air Terjun di Iligan yang Bikin Jatuh Hati

Posted: 08 Sep 2017 08:00 PM PDT

Kota Iligan di wilayah Mindanao Utara, Filipina merupakan salah satu kota besar di negara tersebut. Kota Iligan juga menjadi pusat industri di bagian selatan kota, mulai dari produksi baja maupun semen.

Selain sebagai pusat industri, kota itu juga menghasilkan pembangit listrik tenaga air untuk seluruh wilayah Mindanao. Namun selain sebagai kota industri, Kota Iligan juga dikenal dengan keindahan alamnya lho.

Kota ini terletak di pinggir Laut Bohol dan membentuk sebuah teluk kecil yang disebut Teluk Iligan. Pada bagian timur kota, terbentang lahan pesisir yang menuju perbukitan dan gunung vulkanik. Banyaknya pegunungan membuat kota ini memiliki banyak air terjun yang cantik. Secara resmi terdapat 23 air terjun dalam wilayah kota Iligan.

Iligan juga dikenal sebagai "City of Majestic Waterfalls." Dan air terjun yang paling terkenal adalah Air Terjun Maria Cristina di Sungai Agus.

Air terjun itu juga disebut sebagai Twin Fall, karena memiliki air terjun kembar di satu tempat. Pada bagian hulu, air terjun itu memiliki pembangkit listrik tenaga air dan juga bendungan untuk mengatur aliran air. Air terjun Maria Cristina sangat menyenangkan bila dilihat pada akhir minggu saat karena pada akhir minggu volume air tersebut akan berada pada titik maksimal.

Penulis:

Novita Ayuningtyas

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim PN Jaksel Tegaskan Tak Mengetahui Suap Panitera Pengganti

Posted: 08 Sep 2017 07:54 PM PDT

Djoko Indiarto selaku Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menangani perkara perdata wanprestasi antara PT Eastren Jason Fabrication Service Pte (EJF) sebagai penggugat dan PT Aquamarine Divindo Inspection (ADI) selaku tergugat membantah mengetahui soal suap.

"Saya pasti berkomunikasi dengan Pak Tarmizi karena dia PP (panitera pengganti) saya, tapi tidak ada obrolan mengenai uang. Uang di luar sepengetahuan saya. Dan saya juga tidak pernah diajak bertemu dengan keluarga terdakwa," kata Djoko seusai menjalani pemeriksaan selama sekitar 10 jam di gedung KPK Jakarta, Jumat 8 September 2017.

Djoko bersama dengan dua rekannya yaitu Agus Widodo dan Djarwanto diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi suap terkait perkara perdata tentang wanprestasi antara PT EJF dan PT ADI selaku tergugat di PN Jaksel. Ketiganya bertugas mengadili perkara tersebut

"Tadi ditanyakan proses persidangan, data diri, pokoknya tugas-tugas saya dan sebagainya tapi saya tidak bisa mengomentari persidangan itu," tambah Djoko.

Agus dan Djarwanto juga enggan menyampaikan isi pemeriksaan mereka kepada wartawan.

"Tadi saya sudah sampaikan ke penyidik, tanya ke penyidik," kata Djarwanto sambil berusaha menjauh dari wartawan.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, KPK sedang mendalami proses pengambilan keputusan dalam rangkaian persidangan perkara tersebut.

"Termasuk apakah para saksi mengetahui atau tidak mengetahui indikasi pemberian hadiah atau janji kepada panitera yang sedang kita proses saat ini, yang pasti kita konfirmasi alur berpekara dan juga pengetahuan saksi tersebut," kata Febri.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

Dalam perkara ini KPK menetapkan panitera pengganti PN Jaksel Tarmizi selaku tersangka penerima suap sebesar Rp 425 juta dari Akhmad Zaini sebagai kuasa hukum PT ADI dan Dirut PT ADI Yunus Nafi sebagai tersangka pemberi suap. Suap diberikan agar gugatan EJFS Pte Ltd terhadap PT ADI ditolak.

Uang tersebut diberikan melalui transfer secara bertahap yaitu 22 Juni 2017 senilai Rp 25 juta, pada 16 Agustus 2017 sebesar Rp 100 juta dengan menyamarkan keterangan sebagai "DP pembayaran tanah" dan pada 21 Agustus 2017 senilai Rp 300 juta dengan keterangan "pelunasan pembelian tanah.

Saat transfer terakhir pada 21 Agustus 2017, bersamaan dengan waktu putusan gugatan wanprestasi, tim KPK mengamankan Akhmad Zaini dan Tarmizi di sekitar PN Jaksel.

Sebagai pihak yang diduga pemberi, Akhmad Zaini dan Yunus Nafik disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau pasal 13 UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo 64 kuhp jo pasal 55 ayat-1 ke-1 KUHP.

Sedangkan sebagai pihak yang diduga penerima, Tarmizi disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau pasal 12 huruf b atau pasal 11 UU No 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trio dan Senjata Rahasia Persib Jadi Ancaman Semen Padang

Posted: 08 Sep 2017 07:48 PM PDT

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar mewaspadai tiga pemain Persib Bandung, Febri Hariyadi, Ezechiel N'Douassel dan Michael Essien. Menurut Nilmaizar, tiga pemain Maung Bandung itu menjadi ancaman paling berbahaya ditambah Raphael Maitimo yang jadi senjata rahasia.

Semen Padang harus menyambangi markas Persib hari ini (9/9/20170 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2017. Nilmaizar ingin anak-anak asuhannya meminimalisasi kesalahan sehingga tidak membuat lawan dapat kesempatan mencetak gol.

"Waspadai banyak pemain, ada (Michael) Essien, Ezechiel yang baru jadi bintang Persib, Febri (Hariyadi) juga bagus, tapi Maitimo di babak kedua dia bagus," terang Nilmaizar saat konferensi pers sebelum laga.

"Jadi semua pemain Persib berbahaya, kami enggak ada jaga satu-satu yah. Jadi pemain yang berbahaya kami jaga rapat-rapat, itu saja," kata  dia.

Pelatih asal Payakumbuh, Sumatera Barat ini mengatakan, belakangan ini Persib mendapat tren positif. Kembali hadirnya bobotoh di tribun stadion selepas sanksi juga dapat menjadi penyemangat ekstra untuk Atep dan kawan-kawan.



"Sekarang mereka lebih percaya diri dan lebih memperlihatkan mereka klub besar. Jadi, itu yang diperlihatkan, mereka mulai bangkit di putaran kedua," jelas mantan pelatih Timnas Indonesia ini.

"Pasti lebih waspada setelah kemenangan besar kemarin, karena semua lini mereka, semua hidup," ujar Nilmaizar.

Namun, tim berjulukan Kabau Sirah datang ke Si Jalak Harupat bukan tanpa modal. Rekor bagus Semen Padang di kandang Persib beberapa tahun lalu bisa menjadi acuan.

"Itu yang kami sikapi dengan pemain. Sama dengan di Solo, Solo punya history tersendiri bagi Semen Padang. Di sana kami promosi ke liga super. Mudah-mudahan history kami di Si Jalak Harupat bagus, kami bisa menang. Termasuk mengulang memori 2014," bebernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11 Temuan Hak Angket Terkait Kinerja KPK

Posted: 08 Sep 2017 07:39 PM PDT

Wakil Ketua Panitia Khusus Hak Angket DPR terhadap KPK, Taufiqulhadi, yakin rekomendasi akhir pansus terkait kinerja KPK dapat diterima semua pihak. Sebab, hal itu didasarkan penyelidikan yang objektif.

"Saya rasa jika pandangan akhir pansus sifatnya objektif, maka semua pihak akan mendukung," kata Taufiqulhadi seperti dikutip dari Antara, Sabtu (9/9/2017).

Ia meyakini rekomendasi Pansus KPK akan berbeda dengan Pansus Pelindo II karena ketuanya menyampaikan rekomendasi secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan anggota lain.

Politikus Partai Nasdem itu mengatakan temuan Pansus Angket KPK adalah bagian dari penyelidikan, sehingga pansus akan terus mencari fakta.

"Soal mencari fakta akan jalan terus. Bukti-bukti temuan ini akan jadi dokumen DPR," ujar dia.

Sementara, anggota Pansus Angket KPK Hendry Yosodiningrat menilai pansus harus bisa menyakinkan pemerintah dan publik bahwa temuan yang diperoleh adalah suatu keadaan yang harus diperbaiki.

Karena itu, menurut dia, siapa pun yang mendengar dan mengetahuinya pasti menerima rekomendasi pansus, misalnya mengembalikan kewenangan yang dimiliki Kepolisian dan Kejaksaan Agung.

"Karena mereka melaksanakan sebagian dari kewenangan yang dimiliki polisi selaku penyidik, dan penuntutan dari Kejaksaan," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pansus Hak Angket KPK menyampaikan 11 poin temuan sementara selama menjalankan tugas penyelidikan terkait tugas dan kewenangan KPK, yaitu:

1. Dari aspek kelembagaan, KPK bergerak menjadikan dirinya sebagai lembaga superbody yang tidak siap dan tidak bersedia dikritik dan diawasi, serta menggunakan opini media untuk menekan para pengkritiknya.

2. Kelembagaan KPK dengan argumen independennya mengarah kepada kebebasan atau lepas dari pemegang cabang-cabang kekuasaan negara. Hal ini sangat mengganggu dan berpotensi terjadinya abuse of power dalam sebuah negara hukum dan negara demokrasi sebagaimana dirumuskan dalam Pasal 1 ayat (2) dan ayat (3) UUD 1945.

3. KPK yang dibentuk bukan atas mandat Konstitusi, akan tetapi UU Nomor 30 Tahun 2002 sebagai tindak lanjut atas perintah Pasal 43 UU 31 Tahun 1999 sebagai pengganti UU No. 3 Tahun 1971 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sudah sepatutnya mendapatkan pengawasan yang ketat dan efektif dari lembaga pembentuknya di DPR secara terbuka dan terukur.

4. Lembaga KPK dalam menjalankan tugas, fungsi, dan kewenangan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK belum bersesuaian atau patuh atas azas-azas yang meliputi azas kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum dan proporsionalitas, sebagaimana diatur dalam Pasal 5 UU KPK.

5. Dalam menjalankan fungsi koordinasi, KPK cenderung berjalan sendiri tanpa mempertimbangkan esksistensi, jati diri, kehormatan dan kepercayaan publik atas lembaga-lembaga negara, penegak hukum. KPK lebih mengedepankan praktek penindakan melalui pemberitaan (opini) daripada politik pencegahan.

6. Dalam hal fungsi supervisi, KPK Iebih cenderung menangani sendiri tanpa koordinasi, dibandingkan dengan upaya mendorong, memotivasi dan mengarahkan instansi Kepolisian dan Kejaksaan.

KPK cenderung ingin menjadi lembaga yang tidak hanya di pusat, tapi ingin mengembangkan jaringan sampai ke daerah. Yang sesungguhnya KPK dibentuk lebih pada fungsi koordinasi dan supervisi. Adapun penyelidikan, penyidikan dan penuntutan Iebih pada fungsi berikutnya atau "Trigger Mechanism".

7. Dalam menjalankan fungsi penyelidikan, penyidikan dan penuntutan, KPK sama sekali tidak berpedoman pada KUHAP dan mengabaikan prinsip-prinsip Hak Asasi Manusia bagi para pihak yang menjalani pemeriksaan.

Didapatkan bebagai praktek tekanan, ancaman, bujukan dan janji-janji. Bahkan juga didapatkan kegiatan yang membahayakan fisik dan nyawa. Pencabutan BAP di persidangan serta kesaksian palsu yang direkayasa. Ke depan tentunya hal-hal itu perlu ada langkah-langkah perbaikan.

8. Terkait dengan SDM Aparatur KPK, kembali KPK dengan argumen independennya, merumuskan dan menata SDM-nya yang berbeda dengan unsur aparatur pada lembaga negara pada umumnya yang patuh dan taat kepada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan UU Aparatur Negara lainnya seperti UU Kepolisian, UU Kejaksaan.

KPK dengan argumen independen tidak tepat dan tidak memiliki landasan hukum yang cukup hanya dengan PP. Apalagi PP Nomor 103 Tahun 2012 tentang SDM KPK sebagaimana telah diubah dari PP No. 63 Tahun 2005, mendasarkannya kepada UU KPK yang mengatur tentang pemberantasan tindak pidana korupsi bukan tentang SDM Aparatur.

Walaupun ada putusan MK Nomor 109 Tahun 2015 atas hal tersebut, ke depan harus dikembalikan dan diperbaiki secara hukum yang benar, agar tidak menimbulkan dualisme pengaturan di bidang aparatur negara di internal KPK seperti adanya organisasi wadah pegawai, penyidik independen yang bisa berbeda kebijakan dengan atau bagi aparatur KPK lainnya.

9. Terkait dengan penggunaan anggaran, berdasarkan hasil audit BPK, banyak hal yang belum dapat dipertanggunjawabkan dan belum ditindaklanjuti atas temuan tersebut. Untuk itu dibutuhkan audit lanjutan BPK untuk tujuan tertentu. Dari audit tersebut dapat diketahui secara pasti pencapaian sasarannya utamanya yang terkait dengan kinerja KPK.

Ke depan BPK juga perlu mengaudit atas sejumlah barang-barang sitaan (BASAN) dan barang-barang rampasan (BARAN) dari kasus-kasus yang ditangani KPK atas temuan-temuan Pansus di 5 (lima) kantor RUPBASAN pada wilayah hukum Jakarta dan Tangerang yang tidak didapatkan data-data BASAN dan BARAN dalam bentuk uang, rumah, tanah dan bangunan di Rumah Penyimpanan Barang Sitaan dan Rampasan Negara (RUPBASAN).

10. Terhadap sejumlah kasus yang sedang ditangani oleh KPK, Pansus memberikan dukungan penuh untuk terus dijalankan sesuai dengan aturan hukum positif yang berlaku dan menjunjung tinggi HAM. Untuk itu Komisi III DPR RI wajib melakukan fungsi pengawasan sebagaimana dilakukan terhadap lnstansi Kepolisian dan Kejaksaan melalui rapat-rapat kerja, RDP dan Kunjungan Lapangan atau Kunjungan Spesifik.

11. Akan halnya mengenai sejumlah kasus atau permasalahan yang terkait dengan unsur pimpinan, mantan pimpinan, penyidik dan penuntut umum KPK, yang menjadi pemberitaan di publik seperti laporan saudara Niko Panji Tirtayasa di Bareskrim, kasus penyiraman penyidik Novel Baswedan, kematian Johannes Marliem, rekaman kesaksian saudari Miryam S Haryani, pertemuan Komisi Ill DPR dengan penyidik KPK: kiranya Komisi III DPR RI dapat segera mengundang pihak KPK dan Polri dalam melaksanakan fungsi pengawasan agar tidak terjadi polemik yang tidak berkesudahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: