Jumat, 15 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Calon Istri Tommy Kurniawan Punya Dua Kriteria Idaman

Posted: 15 Sep 2017 10:20 PM PDT

Selepas bercerai dari Tania Nadira, Tommy Kurniawan kini mulai membuka hati. Pesinetron Insya Allah Ada Jalan itu tengah melakukan prosesi taaruf dengan seorang wanita.

Bahkan, rencananya Tommy Kurniawan dengan wanita berinisial L itu akan segera menikah.

"Ya nanti akan ada waktunya untuk bicara, pasti nanti teman-teman tahu. Cuma, bersabar dulu ya," ujar Tommy Kurniawan saat konferensi pers film Eiffel.... I'm in Love 2 di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).

Tommy Kurniawan menilai calon istrinya itu sebagai sosok wanita yang baik dan salehah. Ditambah lagi, dua kriteria itu sejak dulu memang sangat diidamkan Tommy Kurniawan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

"Alhamdulillah dia baik dan salehah. Mohon doanya aja ya," kata pemain film Buruan Cium Gue ini.

Pemain film, Tommy Kurniawan saat menjadi bintang tamu dalam acara Dear Haters di Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta (Liputan/Gempur M. Surya)

Selain itu, Tommy Kurniawan juga menjelaskan mengapa ia memilih jalan taaruf dalam mencari calon istri.

"Karena saya ingin perkenalannya itu enak pada saatnya nanti. Jadi hal-hal yang memang seharusnya dilakukan sebelumnya, saya ingin melakukan sesudahnya saja," tutur Tommy Kurniawan.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Terbang Siap Dijual, Berapa Harganya?

Posted: 15 Sep 2017 10:17 PM PDT

Pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2017 banyak menghadirkan berbagai produk dan model terbaru dengan penerapan teknologi canggih.

Pameran yang digelar di Jerman itu juga cukup menarik perhatian, tak terkecuali dengan hadirnya perusahaan mobil terbang asal Slovakia, AeroMobil.

"Mengintegrasikan penerbangan dan perjalanan mobil memang tidaklah mudah. Namun, setelah 60 tahun penelitian dan pengembangannya terhadap tiga mobil terbang, AeroMobil dapat memenuhi persyaratan legislatif saat ini. Di IAA kami akan menunjukkan bagaimana membawa mobil terbang dapat diterima pasar dalam waktu dekat, serta memenuhi syarat infrastruktur, peraturan, dan transportasi saat ini," kata Chief Engineer AeroMobil, Douglas MacAndrew, demikian dilansir Carscoops, Jumat (15/9/2017).

Kebaradaan AeroMobil menjadi salah satu kendaraan mewah bertekonologi tinggi, dengan model yang dirancang hasil kombinasi inovasi di bidang otomotif dan dirgantara.

Tak hanya itu, AeroMobil memiliki segudang keunggulan dengan bodi ringan berbahan karbon composite, menggabungkan desain mobil sport modern dan teknologi pesawat terbang.

Mobil terbang AeroMobil untuk di darat telah dibenamkan mesin listrik berpenggerak roda depan dengan jarak tempuh mencapai 700 kilometer, yang dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 160 km/jam.

Dari mobil menjadi pesawat, bisa berubah dalam waktu tiga detik, dengan perubahan mulai dari sayap depan dan belakang.

Agar terbang, mobil ini telah menggunakan mesin boxer 2.000 cc dengan empat silinder yang mampu menghasilkan daya 300 Tk.

Perusahaan AeroMobil sudah membuka pesanan dan siap diproduksi pada 2018 mendatang. Belum diketahui harga resmi mobil terbang ini, namun kemungkinan baru akan dikirimkan pada 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Rencana Uber untuk menghadirkan layanan perjalanan udara kian mendekati kenyataan. Hal itu dipastikan setelah Uber mengumumkan bakal melakukan uji coba publik perdana pada 2020.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (27/4/2017), Uber telah bekerja sama dengan Dallas-Forth Worth dan Dubai sebagai rekanan untuk peluncuran. Debut perdana mobil terbang ini akan bersamaan dengan gelaran World Fair 2020 di Dubai.

Menurut Uber, visi dari proyek bernama Uber Elevate ini adalah membangun jaringan kendaraan vertical take-off and landing (VTOL), sehingga memungkinkan layanan udara dapat diakses langsung.

Selain itu, layanan ini disebut-sebut dapat menawarkan biaya lebih murah sekaligus menjadi solusi kepadatan lalu lintas jalanan. Alasannya, kendaraan udara tak memerlukan rute perjalanan, sehingga alur perjalanan dapat disesuaikan. 

"Sama seperti gedung pencakar langit yang memungkinkan kota menggunakan lahan terbatas secara efisien, transportasi udara di perkotaan dapat pula mengurangi kemacetan transportasi di jalanan," ujar Uber dalam keterangannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Subianto dan Amien Rais Hadiri Aksi Bela Rohingya

Posted: 15 Sep 2017 10:14 PM PDT

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut menghadiri aksi bela etnis Rohingya 16 September di Kawasan Monas Jakarta Pusat. Aksi tersebut diadakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas).

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (16/9/2017), Prabowo tiba di kawasan Monas pada pukul 11.00 WIB. Dia memakai baju dan celana cokelat. Prabowo saat tiba di panggung orasi, duduk bersebelahan dengan Presiden PKS Sohibul Iman.

Selain Prabowo, Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais juga menghadiri aksi tersebut. Dia mengenakan baju koko dan peci putih.

Prabowo dijadwalkan akan berorasi dalam aksi bela etnis Rohingya di Myanmar ini. Tak hanya Prabowo, Sohibul Iman hingga Sandiaga Uno juga dijadwalkan akan berorasi dalam aksi tersebut.

"Ini acaranya nanti orasi, ada juga nasyid-nasyud perjuagan. (Yang akan orasi) nanti ada Prabowo, Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, dan Sandiaga Uno," ucap DPW PKS DKI Syakir Purnomo di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Sementara itu, untuk mengamankan aksi bela Rohigya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, polisi mengerahkan 6000 personel di Kawasan Patung Kuda Monas.

"Ada 6.000 personel lebih kita siagakan nanti di lokasi," ujar Argo saat dikonfirmasi.

Saksikan video di bawah ini:

Anggota Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan, aksi tersebut bertujuan untuk mengembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya.

"Tujuan dari aksi ini adalah kami ingin berikan tekanan, supaya genosida di Myanmar dihentikan, kembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya. Ini sejalan dengan kemerdekaan hak segala bangsa," kata Syakir di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Sejumlah tokoh besar seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, direncanakan akan berorasi dalam aksi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Orang Utan Diselundupkan ke Kuwait

Posted: 15 Sep 2017 10:12 PM PDT

Berkat kerjasama pemerintah Kuwait dan Indonesia, satu individu Orangutan Jantan berusia 3 tahun, dipulangkan kembali ke habitat aslinya di Bumi Kalimantan.

Orangutan ini, merupakan satu dari sekian banyak Orangutan yang yang menjadi korban perdagangan gelap satwa dilindungi ke luar negeri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Chelsea: Lukaku Bagus, Tapi Morata Punya Potensi Besar

Posted: 15 Sep 2017 10:10 PM PDT

Mantan pemain Chelsea, Graeme Le Saux, mengakui Romelu Lukaku adalah pemain yang bagus. Namun di mata Le Saux, Alvaro Morata punya potensi yang sangat besar.

Chelsea mengejar tanda tangan Lukaku di bursa transfer lalu. Namun, sang pemain memilih berlabuh di Manchester United dan pada akhirnya The Blues mendatangkan Morata dari Real Madrid.

"Morata telah bersinar lawan Everton dan Leicester dan mencetak gol ke gawang keduanya. Chelsea jelas mengejar Lukaku di musim panas dan tidak berhasil, tapi Morata cukup bagus dan sesuai dengan biaya transfernya," kata Le Saux seperti dilansir Soccerway.

Chelsea membeli Morata dengan transfer 75 juta pound sterling. Dari lima pertandingan yang telah dilalui, Morata sudah melesakkan tiga gol. Adapun Lukaku sudah mencetak lima gol dalam lima pertandingan bersama Setan Merah.

"Pada saat ini Anda mungkin mengatakan bahwa Lukaku adalah striker yang lebih baik, berdasarkan jumlah gol yang dicetak, tapi Morata memiliki potensi besar," kata Le Saux.



"Pergerakan Morata luar biasa, dan dia menawarkan sesuatu yang berbeda dengan pendahulunya di Chelsea, Diego Costa, yang telah menyiksa Arsenal dalam beberapa musim terakhir. Beberapa orang di musim panas mempertanyakan apakah Morata akan mencetak gol di Liga Primer, tapi dia sudah membuktikan kemampuannya di Stamford Bridge," Le Saux menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ISIS Klaim Jadi Dalang Serangan Kereta Bawah Tanah London

Posted: 15 Sep 2017 10:07 PM PDT

Perdana Menteri Inggris, Theresa May, telah meningkatkan level ancaman di negaranya dari parah menjadi kritis usai terjadi serangan ledakan di stasiun kereta api London.

Ledakan tersebut terjadi di stasiun kereta api bawah tanah Parsons Green. Bahan peledak yang digunakan, serupa dengan apa yang digunakan dalam serangan sebelumnya.

Ledakan tersebut melukai setidaknya 29 orang dan banyak di antaranya mengalami luka bakar.

Dikutip dari CBS News, Sabtu (16/9/2017), keputusan May untuk menaikkan tingkat ancaman membuat tentara Inggris akan mengambil alih tugas-tugas tertentu yang biasanya dilakukan oleh polisi. Sebelumnya, Inggris berada di tingkat ancaman tersebut saat terjadi serangan di konser Ariana Grande di Manchester.

Sementara itu ISIS mengklaim bertanggung jawab atas ledakan Parsons Green. Dalam sebuah pernyataan di saluran resminya di aplikasi Telegram, kelompok tersebut mengatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh detasemen ISIS.

Dalam pernyataan berikutnya, ISIS mengaku bawah penyerang berhasil menanam sejumlah alat peledak dan meledakkan salah satunya.

Meski demikian, polisi belum mengumumkan penemuan bahan peledak lain di stasiun Parsons Green, London.

Sebuah sumber penegak hukum Amerika Serikat mengatakan, perangkat peledak yang digunakan dalam serangan Parsons Green adalah ember plastik putih dengan kain hitam di atasnya dan kabel yang menjuntai. Alat peledak itu dibawa dalam tas belanja yang tertutup rapat.

 

Saksi yang berada di lokasi kejadian mengaku melihat sejumlah korban terluka dan berlumuran darah pasca-ledakan di stasiun Parsons Green, dekat Fulham, London barat. Sejumlah saksi lain juga melihat kepanikan yang terjadi usai ledakan.

Richard Aylmer-Hall (53), seorang konsultan media teknologi, diketahui tengah berada di sekitar lokasi kejadian ketika ia tiba-tiba merasakan kepanikan di sekelilingnya.

"Tiba-tiba ada kepanikan, banyak orang berteriak, menjerit. Ada seorang wanita yang mengaku ia melihat sebuah tas, sebuah kilat dan ledakan."

"Saya melihat para wanita menangis, ada banyak teriakan, ada kekacauan di tangga yang mengarah ke jalan. Sejumlah orang terdorong dan terinjak. Saya melihat ada dua wanita yang mendapat perawatan ambulans," imbuh Aylmer-Hall.

Pihak kepolisian Metropolitan London memerintahkan setiap orang untuk menghindari lokasi ledakan.

Dilaporkan ada empat rumah sakit yang dijadikan sebagai tempat penampungan korban luka. Salah satunya adalah Rumah Sakit St Mary di wilayah Paddington.

Inggris telah menjadi target tiga serangan teror mematikan sepanjang tahun 2017. Sebanyak 33 orang tewas dalam teror tabrakan van dan serangan pisau di London Bridge dan Westminster Bridge yang terletak di jantung kota London, sementara satu lainnya adalah aksi bom bunuh diri sesaat setelah konser penyanyi pop dunia Ariana Grande di Manchester.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Darurat, Puluhan Desa di Sumenep Dilanda Bencana Kekeringan

Posted: 15 Sep 2017 10:02 PM PDT

Musim kemarau yang sudah berjalan kurang lebih tiga bulan membuat puluhan desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai kekeringan. Stok air yang ada di desa-desa rawan kekeringan kian menipis, sehingga warga kesulitan mendapatkan air bersih dari sumber mata air di desanya untuk kebutuhan sehari-hari.

Dari 13 kecamatan di daerah ujung timur pulau garam ini, ada 37 desa masuk wilayah kekeringan tahun ini. Ada 15 desa masuk kategori kering kritis dan 22 desa kering langka. Maka dari itu, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor: 188/538/Ket/435.012/2017 tentang penetapan status tanggap darurat kekeringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Abd. Rahman Riyadi mengatakan penetapan status darurat kekeringan sangat dibutuhkan untuk dapat menggunakan anggaran belanja tak terduga. Pasalnya, tanpa dasar Surat Keputusan (SK) tersebut, pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak meskipun kekeringan telah melanda di sejumlah desa.

"SK itu memang dibutuhkan untuk dijadikan dasar dalam menggunakan anggaran belanja tak terduga (BTT) yang ada di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPPKA)," jelasnya, Kamis 14 September 2017.

Rahman mengaku kekeringan yang melanda daerah ini kemungkinan berpotensi meluas. Sebab, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diterimanya, musim kemarau diprediksi masih akan berlangsung hingga awal Oktober. Maka ketersediaan air di desa-desa terus menipis, sehingga masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih.

"Jadi kami sudah melakukan droping air bersih ke beberapa desa yang terdampak kekeringan," ucapnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di wilayah desa yang dilanda kekeringan, pihaknya tidak sendirian, melainkan ada sinergi dengan instansi lain dalam menyalurkan air bersih kepada masyarakat. Hal ini karena BPBD hanya memiliki dua armada yang tidak akan mampu menyalurkan air ke puluhan desa yang membutuhkan air bersih.

"Makanya kita perlu bersinergi dengan PDAM dan Hipam," jelas Rahman.

Pihaknya akan terus berupaya memenuhi kebutuhan air bersih ke masyarakat yang dilanda bencana kekeringan, agar mereka tidak lagi kebingungan meski sumber mata air yang ada di desanya kian menipis.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kuliner Khas Malam Jumat Kliwon di Festival Keraton Nusantara

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan keraton atau kerajaan-kerajaan yang tersebar di berbagai wilayah. Untuk itu, kekayaan budaya keraton harus terus dilestarikan. Salah satu caranya dengan mengadakan Festival Keraton Nusantara (FKN).

Tahun ini, penyelenggaraan FKN sudah memasuki kali ke-11 dengan Keraton Cirebon sebagai tuan rumah. Acara yang berlangsung 15-19 September 2017 ini akan duhadiri perwakilan dari 42 keraton dari seluruh Indonesia.

FKN tahun ini akan diisi dengan berbagai acara bernuansa kearifan lokal dari seluruh kerajaan di Indonesia. Di antaranya kirab prajurit keraton, pameran benda pusaka keraton, pertunjukan seni keraton, pagelaran upacara adat, tradisi keraton, dan musyawarah raja-raja Nusantara.

Selama FKN berlangsung, setiap keraton akan menampilkan beragam kesenian dan budaya sesuai kesepakatan dengan pembukaan di Keraton Kasepuhan. Sedangkan pameran benda pusaka digelar di Keraton Kanoman.

Selain itu, gelar budaya nusantara akan diisi dengan penampilan tradisional maupun kontemporer yakni pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, tari Palagan Nyimas Gandasari, tari Pendet, tari Topeng Kelana, Jaipong, pencak silat, tari kontemporer, street dance perkusi, DJ Vin Tarling, pop Sunda dan lain-lain.

FKN ke-11 juga akan dimeriahkan penampilan band Barudak, Tuna Netra Berkarya. Bobby & Friend, Cirapbon, Sundanis Hip Hop. Juga pemusik jalalan dan bintang dangdut jebolan D'Academy.

Gelar Budaya Nusantara menjelang acara Puncak FKN 2017 juga akan diisi dengan kegiatan workshop membatik, pameran fotografi dan workshop pembuatan topeng.

Hal yang tak kalah menjadi daya tarik pengunjung adalah adanya mini planetarium yang disupport oleh LAPAN selama 3 hari yakni 5 - 7 September 2017 lalu. Tidak hanya Planetarium, LAPAN juga memberikan edukasi tentang antariksa yakni berupa dongeng antariksa.

Warga bisa menikmati Teropong Bintang dan Bulan di malam hari mulai jam 17.00 - 21.00 tanpa dipungut biaya selama FKN.

Untuk meramaikan event ini juga digelar Pasar Rakyat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cirebon.

Patih Keraton Kanoman Cirebon, Pangeran Patih Raja Mohammad Qodiran mengatakan, persiapan penyelenggaraan FKN ke-11 hampir rampung 100 persen, baik dari empat keraton yang ada di Cirebon hingga jajaran pemerintah daerah.

Patih Qodiran menyebutkan, salah satu kuliner keraton yang akan disajikan dalam Festival Keraton Nusantara ke-11 ini adalah Nasi Qodiran. Nasi Qodiran merupakan warisan kuliner yang diperoleh turun-temurun dari Syekh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunungjati kepada para sultan di Cirebon. Makanan istimewa yang biasanya dihidangkan setiap malam Jumat Kliwon.

Penulis:

Theofilus Ifan Sucipto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunisia Cabut Larangan Perempuan Menikahi Pria Non-Muslim

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Tunisia telah mencabut undang-undang yang melarang perempuan muslim menikahi pria non-muslim. Hal tersebut diumumkan juru bicara presiden, Beji Caid Essebsi, dan ia pun memberi selamat kepada para perempuan karena mendapatkan kebebasan untuk memilih pasangan.

Sebelum undang-undang tersebut dicabut, pria non-muslim yang ingin menikah seorang perempuan Muslim Tunisia harus masuk Islam dan menyerahkan sertifikatnya sebagai bukti.

Dikutip dari BBC, Sabtu (16/9/2017), Tunisia yang 99 persen penduduknya adalah muslim, dipandang sebagai salah satu negara Arab paling progresif terhadap hak-hak perempuan.

Undang-Undang baru tersebut muncul setelah Presiden Essebsi mendesak dicabutnya keputusan pembatasan pernikahan yang diajukan pada 1973. Dalam pidato Hari Perempuan Nasional, ia mengatakan bahwa hukum pernikahan menjadi hambatan untuk bebas memilih pasangan.

Pembatasan tersebut juga dianggap melanggar konstitusi Tunisia yang diadopsi pada 2014 setelah revolusi Arab Spring terjadi.

Sejumlah kelompok hak asasi manusia di Tunisia juga telah berkampanye agar undang-undang tersebut dihapus.

Perintah pencabutan undang-undang itu langsung berlaku dan pasangan bebas mendaftarkan pernikahan mereka di kantor pemerintah.

 

Banyak warga Tunisia melihat pencabutan larangan tersebut sebagai bentuk penjaminan kebebasan perempuan di sana.

Tidak seperti perempuan muslim, pria bisa menikahi perempuan non-muslim tanpa memberikan dokumen agama apa pun.

Meski keputusan tersebut tak serta-merta menghilangkan hambatan budaya yang dihadapi perempuan dengan keluarga dalam kasus pernikahan beda agama, setidaknya perempuan Tunisia saat ini memiliki kebebasan memilih yang lebih besar dari perspektif hukum.

Pada Juli lalu, Parlemen Tunisia juga memperkenalkan undang-undang baru. Di dalamnya, sebuah klausul yang memungkinkan pemerkosa lolos dari hukuman jika menikahi korbannya, dihapuskan.

Negara tersebut juga melarang poligami sejak 1956. Hal itu membedakannya dari negara-negara berpenduduk mayoritas muslim lainnya.

Namun, perempuan di Tunisia masih menghadapi diskriminasi. Tunisian Association of Democratic Women memperkirakan bahwa hampir 70 persen perempuan Tunisia menjadi korban pelecehan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker Juventus Kembali Absen Bela Argentina

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Striker Juventus, Gonzalo Higuain kembali tidak dimasukkan ke dalam skuat Timnas Argentina untuk babak Kualifikasi Piala Dunia 2018. Albiceleste akan menghadapi Peru (6/10/2017) dan Ekuador (11/10/2017) di dua laga tersisa, bulan depan.

Ini adalah kali kedua Higuain tidak dipanggil Timnas Argentina. Awal September lalu, penyerang termahal Serie A itu juga tidak dipanggil saat Tim Tango menghadapi Uruguay dan Venezuela. Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli lebih memilih striker Inter Milan, Mauro Icardi. Hasilnya, Lionel Messi dan kawan-kawan hanya memperoleh hasil seri di dua laga tersebut.

Di luar pencoretan Higuain, sejatinya cukup banyak pemain dari Serie A yang dipanggil Timnas Argentina. Antara lain rekan Higuain di Juventus, Paulo Dybala, bek AS Roma Federico Fazio, gelandang Lazio Lucas Biglia, Mauro Icardi yang kembali dipanggil.

Yang menarik, Sampaoli justru memanggil striker Atalanta, Alejandro 'Papu' Gomez menggantikan Higuain. Penyerang 29 tahun itu naik daun dalam dua tahun terakhir. Musim lalu ia mencetak 16 gol dan 12 assist dalam 39 penampilan. Terakhir, ia mencetak satu gol ke gawang Everton saat mengantarkan Atalanta menang 3-0 di Liga Europa.

Adapun Timnas Argentina sejauh ini berada di peringkat kelima Kualifikasi Zona CONMEBOL dengan torehan 24 poin, kalah selisih gol dari Peru yang berada di peringkat empat dengan poin yang sama.

Sementara melihat ke tangga bawah, Argentina hanya unggul satu poin dari Chile yang menguntit di peringkat enam dan tiga poin dari Paraguay di peringkat tujuh.



Chile akan bertanding melawan Ekuador dan Brazil di pertandingan terakhir mereka. Sedangkan Paraguay, akan meladeni Kolombia dan dan Venezuela. Artinya, anak-anak asuh Jorge Sampaoli sangat berisiko gagal tampil di Piala Dunia jika tidak meraih hasil sempurna di dua laga yang tersisa.

Jika pun berhasil bertahan di peringkat lima, Timnas Argentina masih harus melakoni babak play-off melawan Selandia Baru November mendatang. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan di Bekasi Ini Beraspal Limbah Plastik

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadikan Jalan Sultan Agung di Bekasi, Jawa Barat sebagai lokasi kedua infrastruktur jalan yang memakai aspal bercampur limbah plastik. Sebelumnya, aspal sampah plastik diterapkan di jalan lingkup Kampus Universitas Udayana, Bali.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengungkapkan ini menjadi penerapan pertama kali di jalan yang padat dilalui kendaraan. Berbeda dengan yang diterapkan di kampus Universitas Udayana yang jumlah kendaraannya terbatas.
 

 
"Meski menggunakan limbah plastik, ini kualitasnya lebih baik jika dibandingkan aspal biasa. Selain itu, ini bisa dijadikan langkah awal dalam memanfaatkan limbah plastik yang selama ini hanya terbuang ke laut," kata Basuki di Bekasi, Sabtu (16/9/2017).
 
Dijelaskan basuki, penelitian mengenai pemanfaatan limbah plastik sabagai bahan campuran aspal sudah dimulai sejak 2008 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
 
Kemudian atas inisiasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, penelitian ini dilanjutkan kembali pada awal 2017. Referensi penelitian serupa sudah dilakukan di India.
 
Tonton Video Pilihan ini:
 
 
Berdasarkan hasil kajian di laboratorium tahun 2017, campuran beraspal panas dengan bahan tambah limbah plastik menunjukkan peningkatan nilai stabilitas Marshall 40 persen dan lebih tahan terhadap deformasi dan retak lelah pada kadar limbah plastik tertentu dibandingkan dengan campuran beraspal panas standar.
 
Penanganan limbah plastik menjadi salah satu upaya untuk mengantisipasi pemanasan global. Terutama jenis plastik yang nondegradable (tidak bisa terurai) atau plastik yang memiliki waktu urai cukup lama. Jenis limbah itu akan mempengaruhi keseimbangan lingkungan dapat mengakibatkan banjir karena tersumbatnya saluran air.
 
Manfaat limbah plastik sebagai bahan tambahan pada campuran beraspal panas menjadi salah satu solusi bagi permasalahan limbah plastik yang merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan.
 
"Saya mengapresiasi upaya konkret yang dilakukan Kementerian PUPR. Ini bentuk usaha nyata dari team work di Kementerian PUPR dalam mendukung komitmen negara dalam menjaga lingkungan," ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan di Bekasi.
 
Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo pada pertemuan G-20 menyampaikan komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah plastik laut sebesar 70 persen hingga tahun 2025. Upaya yang dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan potensi limbah plastik untuk pengerasan jalan.
 
Sementara itu, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 tercatat Indonesia akan membangun 2.600 km jalan nasional, 1000 km jalan tol dan pekerjaan pemeliharaan di semua wilayah dengan kebutuhan aspal sekitar 1,5 juta ton/tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Photoshoot Tematik Seksi Nia Ramadhani dan Squad Sosialitanya

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Nia Ramadhani-Jessica Iskandar dan kelompok teman perempuannya yang menamakan diri mereka Girl Squad kerap melakukan berbagai sesi foto dengan tema tertentu atau tematik. Minggu ini, Nia Cs tampil dengan tema pesta piama dan sari India.

Kegiatan photoshoot para selebritas, sosialita, sekaligus mama muda ini sepertinya rutin dilakukan. Baik dalam momen selebrasi, seperti Hari Kartini, 17 Agustus, atau untuk mengisi waktu luang mereka.

Berikut ini beberapa photoshoot tematik Nia Ramadhani Girl Squad yang dipersiapkan dengan baik sehingga menghasilkan foto yang memorable. Mulai dari busana, makeup, tata rambut, properti, lokasi, semua diperhatikan dengan baik. Tema apa yang jadi favorit Anda? 

Fairy Tales

Berbagai dress indah warna merah dan putih dari @monicaivena membalut tubuh Girl Squad. Nia membubuhi caption Fairy Tales , bisa jadi, mereka mempunyai imajinasinya sendiri saat memakai gaun tersebut.

Memperingati Hari Kartini 2017, Girl Squad kembali berpose memakai batik dari @yanny.tan. Dress batik dibuat dengan model asimetris modern yang makin mempercantik Nia Ramadhani dan squadnya tersebut.

Bersetting di studio, Girl Squad melakukan photoshoot bertema Lady with a class dengan gaun dari @vone.official. Masing-masing dari mereka merepresentasikan keanggunan dalam busana, riasan, dan pose saat berfoto.

 

 Masih memperingati Hari Kartini, kali ini semuanya kompak tampil dengan kebaya modern warna putih dan kain batik. Dengan gaya rambut updo dan makeup natural, mereka menyampaikan inspirasi dari Ibu Kartini. Semua terlihat cantik dan seksi. 

 Memakai kemeja putih oversized saat menonton film 50 shades of Darker di Singapura menjadi salah satu yang paling memorable. Para sosialita ini terlihat seksi dengan kemeja boyfriend dan short seolah tidak memakai celana.

 

ALL in WHITE 📷@sweet.escape

A post shared by Nia Ramadhani Bakrie (@ramadhaniabakrie) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Apple Milik Pria Ini Dirombak Jadi iPhone X Mini

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Tingginya harga iPhone X, ternyata tak jadi masalah bagi Apple Fanboy (sebutan pengguna 'garis keras' perangkat Apple) yang satu ini.

Ya, pria asal Tiongkok tersebut rela merakit iPhone 5 miliknya demi menyerupai iPhone X. Bagaimana bisa?

Dilansir SlashGear, Sabtu (16/9/2017), pria ini memberedel komponen dalam iPhone 5 satu per satu. Setelah melepas semuanya, ia merakit kembali iPhone 5 menjadi 'iPhone X' dengan ukuran mini.

Memang, proses perombakan iPhone X Mini ini tidaklah mudah. Pun begitu, ia berbaik hati merekam proses tersebut menjadi sebuah video tutorial.

Jadi, bagi kamu yang sudah tak sabar ingin beli iPhone X tapi terhalang masalah dana, mungkin kamu boleh mengikuti cara pria tersebut.

Meski iPhone X Mini besutan pria ini tampil dengan layar penuh, sistem operasinya tetap membutuhkan tombol Home. Memang, bisa diakali dengan fitur Assistive Touch, walau memang bukan jadi alternatif yang cocok.

iPhone X sendiri diklaim menjadi satu-satunya iPhone premium Apple. Ia memiliki layar Super Retina dengan diagonal 5,8 inci, serta mengusung desain dengan layar berbingkai tipis.

Adapun bahan yang digunakan di perangkat masih sama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, yaitu berbahan kaca. Apple juga membuat perangkat ini antiair maupun debu.

Apple juga menggantikan teknologi Touch ID dengan Face ID. Sesuai namanya, sistem keamanan berbasis biometrik ini menggunakan pengenalan wajah. Untuk membuatnya berjalan baik, Apple menggunakan TrueDepth camera system di bagian depan, yang terdiri kamera dan sejumlah sensor lain.

iPhone X dipersenjatai chip A11 Bionic berbasis neural engine yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Bersamaan dengan iPhone X, perusahaan tersebut juga memperkenalkan Animoji, yaitu emoji animasi yang dapat dibuat berdasarkan wajah pengguna.

Mengingat hadir dengan desain nyaris tanpa bingkai, tombol Home pun absen di perangkat anyar ini. Karena itu, Apple mengubah navigasi di iPhone X dengan lebih banyak memanfaatkan sapuan di layar.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Pengakuan Fajar, Bocah Kendari yang Bertingkah Seperti Zombie

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Setelah beredar sebuah video bocah bertingkah seperti zombie yang menghebohkan Kota Kendari Sulawesi Tenggara beberapa hari lalu. Kini muncul sebuah video pengakuan dari bocah tersebut saat mendapatkan obat PCC.

Dalam video berdurasi 4 menit 48 detik, bocah bernama Fajar menceritakan saat dia pertama kali diberi obat PCC oleh orang tidak dikenal.

"Dapat dari mobil, baru sekali dikasih kemarin di lampu merah depan hotel," ucap Fajar saat diwawancarai oleh Andi Muslimin pada Sabtu (16/9/2017) pagi.

Fajar mengaku dirinya mendapatkan obat PCC dari dua orang yang tidak dikenal yang mengendarai mobil warna merah. Mengenai obat tersebut dia mengaku diberi secara gratis.

"Saya diberi obat gratis, saya minum langsung tiga butir, minum campur air,"ungkapnya.

Fajar yang mengaku baru pertama kali meminum obat PCC mengaku sadar dan ingat dirinya bertingkah seperti zombie.

Saksikan video menarik berikut:

 

Meski dia sudah sadar pasca mengalami kejadian tersebut, kini Fajar masih terlihat linglung. Dalam video tersebut, Andi juga mengatakan bahwa Fajar seperti orang yang pikirannya masih kosong walaupun sudah sadar.

"Waktu diwawancara sudah sadar tapi seperti orang habis sakit gimana sih," ucap Andi Muslimin saat dihubungi Health-Liputan6 pada Sabtu (16/9/2017).

Dalam video tersebut, Fajar mengaku hendak pergi makan setelah diwawancarai.

"Tadi dia bilang mau makan akhirnya diberi uang oleh saudara saya," lanjutnya.

Kepada tim Health-Liputan6, Andi menyampaikan bahwa dia menilai adanya rasa trauma di diri Fajar akibat peristiwa tersebut.

"Ditanya mau lagi enggak kalau ditawari, dia jawab enggak mau, kayaknya dia itu ada rasa trauma," ucap Andi.

Saat ini, Andi mengaku Fajar sedang bermain atau pergi makan. Mengenai identitas anak tersebut, dia mengaku sebagai anak yatim dan tinggal di lampu merah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihujat soal Video Asusila, Kini Keponakan Ashanty Santai

Posted: 15 Sep 2017 10:00 PM PDT

Kemunculan video asusila keponakan Ashanty, Millendaru, sempat menghebohkan jagat dunia maya. Bagaimana tidak, itu karena beredar video mirip Millendaru tengah melakukan aktivitas seksual dengan sesama jenis.

Alhasil, pria yang memiliki nama beken Millen Cyrus ini mendapat hujatan dari para warganet. Bahkan, Ashanty pun memintanya untuk tidak datang ke rumah jika Millen Cyrus tidak mengubah penampilannya yang feminim.

Sebagai keponakan dari Ashanty, nama Millen cukup terkenal di Instagram. Inilah 5 gaya glamour Millen.

Namun, hal tersebut tak membuatnya khawatir. Millen Cyrus justru tampak santai menghadapi kritikan warganet.

"Dia sih sudah biasa ya. Sudah cakap istilahnya bersocial media. Kayak ada haters gitu, sudah enggak terlalu ditanggapi. Enggak ada persoalan lah," kata kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga, saat dihubungi, Sabtu (16/9/2017).

Simak juga video berikut ini:

 

Millen Cyrus berdandan seperti wanita [foto: instagram]

Mengenai permasalahan hukum yang dihadapi Millen Cyrus, Sunan Kalijaga belum mau mengambil tindakan apapun. Saat ini, ia masih menunggu panggilan atas laporan video asusila kliennya tersebut.

"Kami masih menunggu panggilan saja. Mau enggak mau ya gimana lagi? Dia juga belum bilang apa-apa (soal langkah hukum)," ujar Sunan Kalijaga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Tahanan Polres Jakarta Barat Kabur Dini Hari Tadi

Posted: 15 Sep 2017 09:56 PM PDT

Sebanyak delapan tahanan di Polres Jakarta Barat kabur dini hari tadi. Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono menuturkan, peristiwa ini terjadi pada pukul 03.30 WIB.

"Itu bukan napi, tapi tahanan yang ada di sana (Polres Jakbar). Kejadiannya sekitar 03.30 WIB tadi pagi. Ada delapan yang kabur," ucap Argo kepada Liputan6.com, Sabtu (16/9/2017).

Dia menuturkan, para tahanan dapat keluar sel dengan menggergaji teralis.

"Enggak dijebol, emang pakai bom dijebol. Itu digergaji teralisnya," jelas Argo.

Meski demikian, polisi masih menyelidiki asal gergaji yang dipakai tahanan untuk memotong teralis.

"Ya digergaji pakai gergaji. Nah dapatnya dari mana masih di dalami. Itu informasi yang baru saya terima," pungkas Argo.

Saksikan video di bawah ini:

 

Tahanan kabur juga terjadi Polsek Bengkalis beberapa waktu lalu. Lapuknya kusen pintu sel Polsek Bengkalis Kota dimanfaatkan tiga tahanan untuk kabur dengan cara mengikisnya, kemudian membobol ventilasi.

Para tahanan kasus narkotika dan pencurian sepeda motor ini raib di tengah gelapnya malam. Ketiganya lolos setelah melewati asrama polisi dan masuk ke semak-semak.

Kepala Kepolisian Resort Bengkalis, Ajun Komisaris Besar Polisi Abbas Basuni menjelaskan, anggotanya sudah disebar untuk mengejar para tahanan yang kabur ini. Setiap pintu masuk kabupaten sudah dijaga, termasuk memperketat pengamanan di pelabuhan.

"Kepada tahanan diimbau segera menyerah sebelum merugikan diri sendiri," kata mantan Kasubdit Registrasi dan Indentifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Riau ini, Kamis (14/9/2017) siang.

Dia menjelaskan, kaburnya tiga tahanan atas nama Muhammad Jarkasih (kasus Curanmor), Hery dan Henry Wibawa, keduanya tahanan kasus narkotika diketahui pada ‎Rabu, 13 September 2017 pukul 21.00 WIB. Kala itu, para personel polisi masih berada di kantor polsek tersebut, terutama petugas piket.

Sebelum kejadian, tepatnya pukul 20.30 WIB, seorang petugas mengecek sel yang berisi empat tahanan dan ketika itu masih lengkap. Petugas ini kembali lagi ke pos penjagaan untuk melaksanakan tugas seperti biasa.

Tak lama kemudian, didengar suara bising dari sel. Petugas ini curiga dan langsung mengecek sel. Rupanya tiga tahanan sudah berhasil keluar melalui ventilasi. Aparat pun langsung mengejar para tahanan yang kabur.

"Para tahanan ini lari dari belakang polsek menuju ke arah asrama polsek. Para tahanan ini hilang setelah masuk ke semak-semak," sebut Abbas.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari tahanan yang tak kabur, tiga tahanan yang kabur itu sebelumnya membuka teralis dengan cara mencongkelnya. Alat yang digunakan adalah sebuah kayu dari kusen lapuk yang sebelumnya dikikis para tahanan.

Sejak kabur tadi malam, para tahanan ini disebut Abbas belum berhasil ditangkap. Abbas sudah memerintahkan personel polsek, dibantu Polres Bengkalis untuk mencari para tahanan kabur ini.

"Pencarian juga dilakukan dengan mendatangi rumah keluarganya," Abbas menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukit Kingkong dan Cinta, Spot Cantik di Bromo Tengger Semeru

Posted: 15 Sep 2017 09:55 PM PDT

Ingin Memburu Sunrise Matahari Terbit di puncak Bromo Tengger Semeru? Kejadian langka serta view point pemandangan Bromo semeru yang dilihat dari ketinggian sekitar 2600 mdpl itu? Datang saja ke spot ini.

Ya, Bukit Kingkong dan Bukit Cinta. Dua bukit ini terletak di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

"Bukit Kingkong dan Bukit Cinta itu spot yang sangat menarik untuk melihat matahari terbit dan pemandangan Gunung Bromo, Batok dan keindahan sekitarnya," kata Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Sarif Hidayat.

Bukit cinta dan bukit kingkong ini letaknya berdampingan, hanya saja bukit kingkong di bromo ini jalurnya menanjak .

Dinamakan Bukit Kingkong Bromo karena pada salah satu bagian tebing di bukit ini terlihat menonjol. Dan jika dilihat lebih seksama tonjolan tebing tersebut terlihat layaknya seperti kepala dan wajah kingkong.

Tebing yang menyerupai kepala dan wajah kingkong itu tentunya terpahat secara alami dan tepatnya berada persis si belakang pagas pembatas keamanan untuk pengunjung berdiri. "bagian batu yang menonjol dan beberapa cekungan yang terukir disekitarnya dianggap menyerupai bentuk mata dan hidung kingkong," tambahnya.

Bukit yang memiliki ketinggian 2.600 mdpl yakni sedikit lebih rendah dibandingkan dengan penanjakan 1 Bromo ini, selama ini menjadi alternatif yang bagus saat penanjakan 1 dan 2 Bromo dipadati pengunjung. Pesona yang didapatkan pun tak jauh beda, dari sudut pandang yang lebih rendah pengunjung masih dapat menikmati pemandangan pesona matahari terbit dengan latar belakang Gunung-Gunung eksotis yang memanjakan mata yaitu Gunung bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru.

"Selain itu, lanskap panorama yang didapatkan dapat lebih luas dan menakjubkan. Wisatawan yang menyaksikan pemandangan matahari terbit dari atas puncak bukit Kingkong ini juga dapat melihat terbentangnya samudera pasir atau kaldera Bromo, Gunung semeru serta pemandangan kota Probolinggo dan Pasuruan.

Sedangkan dinamakan Bukit Cinta, imbuh Sarif, konon dulunya ada yang berkunjung ke bromo menemukan jodohnya di tempat tersebut. Keduanya setelah menikah akhirnya mengunjungi tempat yang dulu pernah mempertemukannya kedua sejoli tersebut dan memberi nama bukit cinta," lanjutnya.

"Bukit Cinta dan Bukit Kingkong itu spot sama menariknya saat sementara ini Bukit Penanjakan ditutup untuk wisatawan selama 3 bulan dalam rangka perbaikan sarana dan prasarana dibukit yang selama ini menjadi favorit wisatawan untuk melihat sunrise matahari terbit," ujarnya.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang telah mengumumkan akan menutup obyek wisata Bukit Penanjakan selama tiga bulan per tanggal 11 September hingga 10 Desember 2017.

Penutupan tersebut tertuang dalam pengumuman resmi dari pihak TNBTS No PG 3/T.8/TU/TU.1/8/2017 tentang penutupan Bukit Penanjakan tertanggal 30 Agustus 2017 yang ditandatangani, Jhon Kenedie, sebagai Kepala Balai Besar TNBTS, di Malang.

Ia menjelaskan sarana dan prasarana yang diperbaiki itu meliputi tangga untuk naik, pendopo, dan tribun. Bukit Penanjakan menjadi tempat favorit wisatawan yang ingin menikmati sunrise di Bromo.

"Ya hanya di Bukit Penanjakan yang ditutup. Tribun, tangga, pendopo dihilangkan sehingga bisa menampung lebih banyak pengunjung," jelasnya.

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru akan membuat jalur masuk dan keluar wisatawan di Bukit Penanjakan. Ada perbaikan pagar untuk menunjang keamanan wisatawan. Sarif menggarharapkan para agen wisata maupun masyarakat bisa mengetahui tentang penutupan Bukit Pananjakan. Selain itu, wisatawan diminta untuk mencari titik-titik pengamatan lain yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kementerian Pariwisata sendiri manyampaikan bahwa destinasi wisata di taman-taman nasional di Indonesia memang harus memperoleh perhatian khusus. Misalnya soal sampah, soal toilet yang layak, bersih dan terjaga rapi. "Kelemahan destinasi kita adalah soal toilet, rata-rata butuh perhatian khusus, dan ini harus segera ada pihak yang serius mengurus," kata Arief Yahya.

Dia berpendapat, kalau ingin melihat budaya sebuah bangsa, lihatlah toiletnya. Kalau bersih, baik, terawat, maka begitu juga cermin budaya masyarakatnya. "Karena itu, jaga kebersihan toilet, sebagaimana kalian menjaga nilai budaya bangsamu!" kata Arief Yahya.

Dan Perbaikan sarana prasarana tidak hanya di kawasan bukit penanjakan merupakan bagian dari pengembangan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang merupakan salah satu destinasi wisata prioritas nasional. Selain TNBTS, juga ada Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo Bajo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Travel Mart Keren yang Didukung Kemenpar di Karangasem Bali

Posted: 15 Sep 2017 09:51 PM PDT

Gebrakan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya mendorong Bali sebagai tuan rumah travel fair internasional seperti tak pernah putus. Setelah mengibarkan Bali and Beyond Travel Fair (BBTF), sekarang giliran Karangasem Travel Mart (KTM) 2017 yang ikut didorong naik. Even ini digelar di Karangasem, Bali, 14-17 September 2017 dan melibatkan para operator wisata domestik dan Asia.

"Indonesia harus punya banyak even travel mart kelas dunia seperti ITB Berlin. Harus bisa menjadi market place, tempat jual beli antara buyers dan sellers dari seluruh dunia," terang Menpar Arief Yahya, Jumat (15/9/2017).

Keinginan itu bukan tanpa sebab. Alasan utamanya, travel mart kelas dunia akan membuat nama Indonesia makin dikenal para buyers dan sellers dunia. Mata dunia akan makin terbuka terhadap Wonderful Indonesia. Bali yang tengah didorong menjadi tuan rumah travel mart kelas dunia jadi makin diperhitungkan pasar dunia.

"ITB Berlin semua ingin kesana termasuk provinsi di Indonesia karena dia market place. Semakin terbuka justeru Anda semakin memenangkan kompetisi,, termasuk Karangasem Travel Mart" ujar Arief Yahya.

Semua pemangku kepentingan pariwisata akhirnya dikumpulkan di Karangasem. Semua potensi dan destinasi, dikumpulkan jadi satu dan dipasarkan. Arahnya, mendongkrak kunjungan wisatawan sekaligus pendapatan daerah.

"Evennya akan menjadi ajang pengenalan objek-objek wisata Karangasem beserta fasilitasnya yang akan dikemas berupa famtrip. Ada juga kegiatan table top, dimana buyer akan bertemu dengan seller," timpal Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar yang didampingi Kepala Bidang Promosi Perjalanan Insentif Hendri Karnoza.

Selain itu, para pengambil keputusan dari perusahaan-perusahaan juga ikut dipertemukan dengan para stakeholder pariwisata se-Karangasem dan Bali.

Dengan usungan tema "The Spirit of Bali" KTM 2017 diharapkan dapat memberikan peluang bisnis bagi kedua belah pihak serta meningkatkan nilai jual pariwisata Bali. Tidak ketinggalan, khususnya, memajukan nilai pendapatan daerah. Karangasem sendiri memiliki banyak objek wisata yang cukup populer dan dikunjungi banyak wisatawan lokal maupun internasional, di antaranya Pura Besakih, Taman Ujung, Candidasa, Amed, dan lainnya.

"KTM 2017 akan menyediakan media presentasi produk ataupun paket perjalanan wisata Karangasem. Jadi yang ingin menikmati alam yang tenang, alami, asli, silakan datang ke Karangasem. Kami berusaha agar Karangasem makin dikenal, karena keunikan dan kelebihannya," tambah Esthy yang diamini Hendri Karnoza.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jumpa CEO TripAdvisor, Ini Yang Dipromosikan Menpar Arief Yahya

Posted: 15 Sep 2017 09:49 PM PDT

Ada satu agenda penting Menpar Arief Yahya di sela-sela forum 22rd General Assembly UNWTO Chengdu, Tiongkok, 11-16 September 2017. Yakni bertemu CEO TripAdvisor Stephen Kaufer, dan Head of Destination Marketing -Asia Pacific, Sarah Matthew.

Di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, Menpar Arief Yahya mempromosikan 2 events besar yang bakal mewarnai pariwisata Indonesia 2018. Yakni IMF World Bank Annual Meeting Oktober di Bali dan Asian Games 2018 di Palembang, Jakarta dan Bandung.

"Mulai Oktober 2017 ini, kurang 12 bulan, event IMF World Bank Annual Meeting sudah akan di kick off di Amerika. Kami sudsh siapkan paket-paket wisata ke Bali and Beyond nya," ungkap Arief Yahya di Chengdu.

Menpar Arief menyebut diperkirakan akan ada 18-20 ribu delegasi dan keluarganya, selama IMF-World Bank Annual Meeting itu. Mereka adalah para menteri keuangan, gubernur bank central, orang-orang finance, dan pelaku usaha dari seluruh dunia.

"Kami audah menyiapkan 60 paket, 7 destinasi, dan 33 paket di Pulau Dewata Bali. Yang di luar Bali, ada Lombok NTB, Banyuwangi Jawa Timur, Labuan Bajo Kokodo NTT, Joglosemar Jawa Tengah Jogjakarta, Toraja Sulsel dan Danau Toba Sumatera Utara," jelas Menpar Arief Yahya.

Sedangkan Asian Games 2018, Menpar Arief meminta agar TripAdvisor juga mereview dan mempromosikan destinasi yang akan menjadi host pesta olahraga se Asia. "Sedikitnya ada 24.000 wisatawan olahraga yang akan ke Palembang, Jakarta dan Bandung," jelasnya.

Mereka adalah atlet, ofisial, penonton, supporter, dari negara-negara peserta Asian Games itu. Dua kegiatan besar 2018 itu diharapkan bisa maksimal untuk sekaligus mempromosikan destinasi wisata yang ada di lokasi tersebut.

Pertemuan singat, to the point, yang mirip korporasi itu tidak terlalu lama. Sangat efektif. Menpar Arief juga meminta TripAdvisor, membantu meranking originasi mana dan media apa yang paling efektif untuk mendatangkan wisman ke Indonesia.

Menpar Arief perlu data TripAdvisor dari masing negara atau pasar, sebagai bahan analisis evaluasi promosi.

Seperti diketahui, TripAdvisor adalah laman yang paling dicari travellers untuk mereview apa saja soal destinasi pariwisata. Baik atraksi, akses, maupun amenitas. "Karena itu saya minta TripAdvisor memberikan proposal kerjasama yang lebih luas, yang akan dikembangkan ruang lingkup ke semakin banyak negara, menuju gol target 20 juta 2019," ujar Arief Yahya.

Steve Kaufer CEO TripAdvisor itu juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini. Dia menceritakan pernak ke Bali, dan melihat potensi Pulau Dewata itu akan semakin ngetop. "Kami juga akan promosikan next Bali, seperti Jogja, Lombok, dan lainnya?" kata Steve.

TripAdvisor akan memberikan data mengenai web traffic di TripAdvisor, mengenai wisman yang tertarik dan melakukan perjalanan ke Indonesia. Data itu penting bagi Kemenpar untuk mendesain materi promosi, merancang paket-paket, dan memilih channel media promosi yang tepat sasaran.

Data itu matching dengan asumsi Menpar Arief Yahya, the more digital the more personal. Thr more digital, the more professional! Dan, the more digital the more global. Saat bertemu TripAdvisor itu, Menpar Arief didampingi Asisten Deputi Bidang Pemasaran Asia Pasifik, Vinsesius Jemadu, Staf Khusus Bidang IT, Sam Sriyono, dan Staf Khusus bidang Komunikasi, Don Kardono.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Kerahkan 6.000 Personel Amankan Aksi Bela Rohingya

Posted: 15 Sep 2017 09:46 PM PDT

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) lainnya menggelar aksi bela Rohingya 169 di Kawasan Patung Kuda Monas, Jakarta Pusat. Ribuan umat muslim dan peserta aksi sudah memadati kawasan tersebut.

Untuk mengamankan aksi tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pihaknya mengerahkan 6.000 personel di Kawasan Patung Kuda Monas.

"Ada 6.000 personel lebih kita siagakan nanti di lokasi," ujar Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (16/9/2017).

Argo mengatakan, jajarannya telah menyiapkan sejumlah rencana dan strategi untuk mengamankan aksi tersebut. Sebanyak 10 ribu orang diperkirakan hadir dalam aksi bela Rohingya.

"Pihak kepolisian telah menerima surat pemberitahuan aksi tersebut. Dalam surat pemberitahuan aksi tersebut akan diikuti 10 ribu orang," kata dia.

Dia berharap, peserta aksi bela muslim Rohingya ini menyampaikan aspirasinya secara tertib. Sehingga, aksi tersebut tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya.

"Kami berharap massa mengikuti peraturan undang-undang dalam menjalankan aksinya," tutur Argo.

Saksikan video di bawah ini:

 

Anggota Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo mengatakan, aksi tersebut bertujuan untuk mengembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya.

"Tujuan dari aksi ini adalah kami ingin berikan tekanan, supaya genosida di Myanmar dihentikan, kembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya. Ini sejalan dengan kemerdekaan hak segala bangsa," kata Syakir di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Sejumlah tokoh besar seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, direncanakan akan berorasi dalam aksi tersebut.

Dia juga memastikan, aksi bela umat muslim Rohingya ini akan berjalan damai.

"Ini acaranya nanti orasi, ada juga nasyid-nasyud perjuangan. (Yang akan orasi) nanti ada Prabowo, Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, dan Sandiaga Uno," ucap Syakir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Ajak Vote, Video Pariwisata Indonesia Juara Umum

Posted: 15 Sep 2017 09:46 PM PDT

Video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World akhirnya juara dunia! Dua kategori diborong tuntas, dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, Lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata.

Diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, award itu diterima langsung oleh Menpar Arief Yahya. Pria asli Banyuwangi ini sempat berkaca-kaca, begitu dipanggil untuk kali kedua ke atas mimbar.

Agak lama dia terdiam, tidak banyak berkata-kata yang terucap dari bibirnya. Hanya satu frasa, "Membanggakan!" ucap Arief Yahya singat, sambil memegang bendera Merah Putih.

Banyak delegasi dari negara-negara anggota UNWTO yang memberi ucapan selamat. Tetapi bukan itu yang membuatnya terharu. Pertama, Indonesia juara dalam kategori 2 kategori langsung. Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award 2017.

Kedua, ini kali pertama dalam sejarah Kompetisi video pariwisata UNWTO. Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah, mendapatkan juara kedua-duanya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan. "Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara," kata Arief Yahya.

Pesaing di Asia Timur dan Pasifik itu, bagus-bagus. Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang itu bagus-bagus. "Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia," kata Arief Yahya.

Ketiga, khusus kategori People's Choice, yang didapat dari e-voting dari seluruh masyarakat dunia, Indonesia juara! "Terima kasih pada Pak Presiden Jokowi, yang turut mengajak vote melalui akun Facebook-nya. Terima kasih juga pada masyarakat di seluruh dunia yang sudah memilih video Indonesia sehingga juara!" ucap Menpar Arief Yahya.

Kekuatan Presiden Jokowi mengajak publik dan netizen untuk nge-vote sudah teruji. Dalam waktu 2x24 jam, sejak Presiden Jokowi memposting ajakan vote di Facebook, suara yang masuk langsung melejit hampir 50 ribu voters.

"Maju serentak tentu kita menang!" lanjut Menpar Arief yang dicuplik dari lirik lagu Maju Tak Gentar karya seniman dan sekaligus pejuang Cornel Simanjuntak. Kata-kata sakti itu sering diucapkan Arief Yahya untuk mengajak bersatu dalam spirit Indonesia Incorporated.

Memang harus diakui, video Indonesia sangat bagus. Destinasi yang diekspose Jakarta Wakatobi, Raja Ampat, Sumatra Utara, Lombok Makasar, dan Banyuwangi. Soundtrack lagu yang ditampilkan juga kelas dunia, What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.

Saking bagusnya, video itu meskipun diputar dua kali, saat menerima dua kali awards, masih saja dipuji audience. Bahkan paling riuh tepuk tangannya. Itu juga indikator, bahwa videonya memang berkualitas.

Yang pasti, Menpar menyebut kemenangan ini adalah branding yang kuat. Dia menyebut, makna kemenangan itu adalah 3C. "Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standart atau kriteria yang berkelas dunia," ungkap Arief. Congratulation!

Hasil Lengkap:
Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia
(People's Choice Award)

Juara video terbaik Regional:

1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa - Tunisia.
2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas - Chili.
3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific - Indonesia.
4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe - Swiss.
5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East - Mesir.
6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia - Bhutan.

 


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih MU Salahkan Pogba atas Cedera yang Dideritanya

Posted: 15 Sep 2017 09:45 PM PDT

Pelatih Manchester United (MU), Jose Mourinho, dikabarkan kesal dengan Paul Pogba. Dia menyalahkan perilaku anak asuhnya sehingga terkena cedera.

Pogba hanya bermain 19 menit pada laga Liga Champions melawan Basel, Selasa (12/9/2017). Akibatnya, MU tidak bisa menurunkannya dalam kurun waktu lama.

Mourinho melihat Pogba sebagai penyebab masalah ini. Daily Star melaporkan, pemain berusia 24 tahun tersebut mengabaikan saran klub akan latihan ekstra yang diambilnya. Sebab, setelah menambah porsi, tubuh Pogba jadi lebih rapuh dan rawan cedera.

Apalagi mantan penggawa Juventus itu sudah mengalami gangguan serupa musim lalu. Dia absen selama tiga pekan karena cedera hamstring. Setelah ini, Pogba diminta lebih berhati-hati dalam beraktivitas.

Rumor ini mewarnai persiapan MU menghadapi Everton dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (17/9/2017). Mourinho pun memastikan Pogba menghilang. Laporan awal menunjukkan dia bakal menghilang selama enam pekan. Pada periode itu, The Red Devils melakoni delapan pertandingan.

Namun, Mourinho tidak memberi durasi waktu terkaparnya pemain berkebangsaan Prancis tersebut. "Saya tidak tahu. Saya hanya memikirkan partai selanjutnya dan Pogba tidak bisa bermain di sana. Saya tidak berpikir lebih jauh dari itu," kata Mourinho, dilansir Manchester Evening News.

"Saya tidak tahu berapa, tapi dia akan tidak tampil di beberapa pertandingan. Tapi MU punya pilihan gelandang lain," sambungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Status Kawah Sileri Dieng Naik Jadi Waspada

Posted: 15 Sep 2017 09:45 PM PDT

Sejak beberapa hari lalu, BPBD Jawa Tengah terus memantau status Kawah Sileri Dieng. Statusnya kini naik dari normal menjadi waspada.

Para petugas saat ini mulai melakukan sosialisasi kepada warga mengenai peningkatan status tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Menit Menpar Arief Yahya Bikin Senyap 1500 Delegasi Forum UNWTO

Posted: 15 Sep 2017 09:44 PM PDT

Penampilan Menpar Arief Yahya dalam diskusi panel 22nd General Assembly UNWTO, di Chengdu, Tiongkok betul-betul memukau. Sekitar 1.500 delegasi yang mengikuti serentetan sidang pada 14 September 2017 itu terpesona. Senyap, terpukau di tengah ballroom Hotel Intercontinental itu.

Panel discussion yang dimoderatori Anita Mendiratta, CEO & Founder Britny, lead consultant CNN International Tourism itu terasa beda ketika Arief Yahya bicara. Audience begitu serius memperhatikan poin demi poin yang dilontarkan Mantan CEO PT Telkom Indonesia itu.

Mengafirmasi statemen Sekjen UNWTO Taleb Rivai, yang baru saja demisioner, Arief Yahya menyebut saat ini sedang ada tiga revolusi digital. Revolusi adalah perubahan dramatik, total, ekstrim, bahkan cenderung paradoks, yang menimbulkan disruption di banyak industri.

Dia menyebut 3T, Telecommunication, Transportation, serta yang sedang dan akan terjadi, di Tourism! Kata-kata "tourism" inilah yang membuat audience menahan napas. Karena industri pariwisata, cepat atau lambat akan menghadapi perubahan yang revolusioner.

"Revolusi teknologi digital ini tidak bisa dihindari, pasti terjadi! Pasti. Secara alamiah akan mengubah dunia, menciptakan model bisnis baru, jadi pelaku industri yang tidak mau berubah dengan platform digital, pasti akan ditinggalkan customer!" jelas Arief Yahya.

Menpar Arief menegaskan, ketiga Revolusi itu semua berubah karena teknologi digital. Di transportasi terjadi ketika bertemu dengan digital, seperti Grab dan Uber. Harga pasar langsung berubah total, dan tiba-tiba platform digital itu langsung membuat harga drop drastis.

Begitupun di telekomunikasi, semakin murah, semakin gratis, akan semakin untung. Karena itu WhatsApp (WA), Google, Baidu, Line mengirimkan pesan gratis, tidak berbayar.

Revolusi ketiga adalah tourism. Online travel Agent, seperti Traveloka, Booking.Com, TripAdvisor, Ctrip, membuat travel agent konvensional semakin sulit bersaing. "Mereka melakukan sharing economi, mengoptimalkan kapasitas, menjual yang kosong dengan harga murah dan mencari return dari cross selling. Ini semua bisa berjalan dengan cara digital," ungkapnya.

Di General Assembly Special Session on Smart Tourism Forum itu, Menpar Arief Yahya memang satu-satunya yang berlatar belakang menteri. Panelis lain, dalam sesi diskusi bertopik "New technologies to enhance tourism sector performance" itu rata-rata pimpinan perusahaan digital.

Di hadapan seluruh delegasi UNWTO di forum tersebut, Menpar AY juga menyampaikan perubahan kinerja dalam organisasi Kementerian Pariwisata RI yang bergerak semakin cepat dan berorientasi ke arah program Digital Tourism.

Dalam presentasinya, Menpar Arief menjelaskan bahwa salah satu rahasia mengapa growth wisman Indonesia termasuk 20 besar dunia? Naik hampiir 23%? Di saat regional ASEAn dan dunia hanya naik rata-rata6%?

"Karena kami semakin digital! Dari soal penggunaan Social Media, Big Data, E-Commerce (Look, Book, Pay), dan krusialnya Digitalisasi untuk mendekatkan diri kepada konsumen," kata dia.

Berikut mama-nama panelis dalam sesi tersebut adalah:
1. Mr. Arief Yahya, Minister, Tourism Minister of Indonesia.
2. Mr. Mikael Ahlström, CEO and Founder of Britny.
3. Mr. Duncan Horton, CEO, Travel Weekly Group.
4. Mr. Kaye Chon, Dean & Chair Professor, Tourism, School of Hotel & Tourism Manag., The Hong Kong Polytechnic University.
5. Mr. Shaohua Li, CEO, AliTrip (Alibaba Travel).
6. Mr. Jason Song, Chairman, Drore Technology Co., Ltd.
7. Mr. Fengwu Wang, Chairman, China Association of National Parks and Scenic Sites.
8. Mr. Fernando de Pablo Martín, President, SEGITTUR, Spain.
9. Mr. Erick Stephens, Chief Technology Officer, Microsoft APAC.

Sebagai satu-satunya wakil Pemerintahan di antara para pebisnis yang bergerak di digital Menpar Arief justru jadi bintangnya. Special Advisor untuk Sekjen UNWTO, Anita Mendiratta yang menjadi pemandu acara pun tertegun melihat program digitalisasi pariwisata Indonesia.

Menpar Arief Yahya hadir didampingi oleh Asisten Deputi Hubungan Kelembagaan Kepariwisataan Ani Insani, Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata, F.X Teguh, Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi, Don Kardono, dan Staf Khusus Menteri Bidang Teknologi Informasi, Sam Sriyono.

Hari Jumat, 15 September 2017 ini, UNWTO juga akan mengumumkan pemenang kompetisi video pariwisata dunia yang diinisiasi United Nation World Tourism Organization (UNWTO) itu. Presiden Jokowi sendiri ikut memposting ajakan ke media sosial yang langsung bersampaian jumlah votersnya. "Kita tunggu saja hasilnya," ucap Menpar Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bakal Segera Menikah, Ini Harapan ‎Tommy Kurniawan

Posted: 15 Sep 2017 09:40 PM PDT

Proses taaruf Tommy Kurniawan dengan wanita berinisial L sepertinya berjalan lancar. Jika tak ada halangan, keduanya dipastikan bakal menikah dalam waktu dekat ini.

Hal itu diungkapkan Tommy Kurniawan di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).

"Insya Allah mudah-mudahan enggak akan lama lagi lah," kata Tommy Kurniawan malu-malu.

Namun, bintang film Buruan Cium Gue ini belum mau mengungkap rincian hari bahagianya tersebut. Tommy Kurniawan baru akan berbicara jika sudah mendekati tanggal pasti pernikahannya.

Simak juga video berikut ini:

"Saya tidak mau takabur. Saya hanya ingin membagikan momen yang sudah pasti saja, intinya seperti itu. Tunggu saja ya," ucap mantan suami Tania Nadira tersebut.

Beberapa waktu lalu, Tommy Kurniawan berada di Paris untuk syuting film barunya (Foto: Instagram)

Terakhir, Tommy Kurniawan berharap rencana pernikahannya dengan calon istri dapat berjalan lancar dan langgeng. "Target sih enggak ada, doanya saya hanya ingin pernikahan ini lancar dan bahagia," ujar Tommy Kurniawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderful Indonesia Siap Hebohkan Prancis

Posted: 15 Sep 2017 09:39 PM PDT

Indonesia bakal berpartisipasi di pameran Village International de la Gastronomie selama tiga hari 22 – 24 September 2017. Untuk pertama kalinya, Indonesia berpartisipasi dalam gelaran yang sangat istimewa ini di Kota Paris, Prancis.

Le Village International de la Gastronomie akan diadakan di tengah Kota Paris dan pinggir Sungai Seine, Port du Gros Caillou. Acara Village International de la Gastronomie yang tiket masuknya dibanderol 4€ atau enfants 1€ ini ditargetkan dihadiri sekitar 50.000 orang karena pada 2016 berhasil mendatangkan 30.000 orang.

"Acara diadakan assosiasi di bawah dukungan Pemerintah Prancis. Bersama dengan 50 negara lainnya, VITO France bersama dengan mitranya di Prancis mempersembahkan beberapa aktivitas dalam rangka mempromosikan Wonderful Indonesia, kuliner, spa, dan kebudayaan Indonesia ke publik Prancis," ujar Eka Moncarre, VITO Prancis, Selasa(12/9).

Pameran Village International de la Gastronomie yang merupakan edisi ke tujuh dari acara Fête de la Gastronomie ini, salah satu project dari Kementerian Ekonomi dan Keuangan Perancis.

Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika (ETTAA) Nia Niscaya mengatakan, di kegitan tersebut, tak lupa Indonesia akan mempresentasikan video Wonderful Indonesia dan menyebarkan bahan promosi informasi tourism tentang Indonesia.

"Kita nanti juga akan menampilkan tarian traditional Indonesia selama 3 hari dipersembahkan oleh group sanggar tari di Paris. Ada juga Demo Massage Bali,
demonstrasi Pencak Silat oleh group Pencak Silat Indonésia di Perancis dan kompetitsi Facebook Photo VITO France," kata Nia Niscaya.

Dan tentu saja, makanan-makanan Indonesia juga siap disajikan oleh partner-partner local Chef Vito Perancis seperti Rendang, Sate Ayam, Nasi Goreng, Bakmi Goreng, Nasi Kuning, dan jajanan pasar

Dia menambahkan, Prancis merupakan pasar yang sangat potensial untuk Indonesia. Dengan penduduk 66 juta orang, Indonesia merupakan salah satu negara favorit bagi orang Perancis.

"Pada 2017, Indonesia menjadi negara TOP 5 favorit pilihan orang Prancis. Apalagi sekarang, tidak diperlukan visa untuk berkunjung ke Indonesia selama maksimum 30 hari," cetus Nia.

Nia Niscaya menyebutkan, kegiatan promosi tersebut akan membuat kuliner Indonesia juga lebih cepat dikenal dunia. Salah satu program percepatan khusus di bidang kuliner, Kemenpar telah mengkurasi restoran-restoran yang telah established di 10 negara untuk diberi penghargaan sebagai Restoran Wonderful Indonesia yang perlu dipromosikan secara masif.

"Potensi kita tidak kalah. Jenis makanan kita juga seabrek jumlahnya. Tinggal mengemas menjadi kekuatan yang memiliki commercial value, bukan hanya cultural value," tutur Nia.

Menpar Arief Yahya menjelaskan dalam porofolio bisnis pariwisata Indonesia itu, 60% cultural, 35% nature dan 5% manmade. Dari 60% culture itu, wisata belanja dan kuliner mencapai 45% sendiri.

"Lagi-lagi kita harus belajar dari Thailand, pariwisata mereka menyapa dunia dengan kulinernya, dan sukses. Vietnam juga mencontoh Thailand dan sukses. Kita punya potensi besar di kuliner, itu yang harus kita kembangkan agar go international," ucap Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menyebut, Prancis adalah top three pasar wisatawan mancanegara Eropa yang ke Indonesia, setelah Inggris. "Geografi Perancis cukup luas, dan 60% lebih orang Perancis yang travelling ke Indonesia berasal dari luar Perancis," ujar Menpar Arief Yahya.

Menteri asal Banyuwangi itu memang sangat serius untuk menggarap wisatawan asal perancis. Hasilnya terbukti meningkatkan kunjungan turis dari Perancis ke Indonesia sekitar 20% mencapai 250.921 orang pada tahun lalu. Tahun ini ditargetkan mencapai 330 ribu wisatawan Prancis.

"Prancis ditargetkan tahun ini untuk mendatangkan 330 000 vistors ke Indonesia dan semoga dengan Village International de la Gastronomie ini, target yang ditetapkan akan tercapai," ujar Menpar Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

M Hanif Dhakiri dan Sri Mulyani Mengunjungi ITE Singapura

Posted: 15 Sep 2017 09:38 PM PDT

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dan Menteri Keuangan Sri Mulyani mengunjungi Institute of Technical Education (ITE) Singapore.

Kunjungan kerja bersama ini dimaksudkan untuk meninjau langsung pelaksanaan pendidikan dan pelatihan vokasi yang dijalankan Singapura.

"Kita berdua berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan dan pelatihan vokasi yang menjadi program prioritas pemerintah sesuai arahan Presiden Jokowi,: kata Menaker Hanif saat melakukan peninjauan workshop ITE di Singapura pada Jumat (15/9).

Dalam kunjungannya kedua menteri melakukan peninjauan ke pusat pelatihan maritim, workshop aerospace bidang penerbangan serta mengunjungi workshop teknik dan manufaktur yang berada di kampus ITE Singapura.

Menaker Hanif mengatakan pelatihan vokasi di Indonesia terus ditingkatkan kualitasnya menuju ke arah yang ideal melalui program kerja yang massif, fokus dan terarah.

"Pengembangan pelatihan vokasi dilakukan dengan melibatkan pelaku industri dalam menyusun konsep kurikulum dan instruktur. Upaya ini dimaksudkan agar apa yang diajarkan pada pelatihan vokasi 'nyambung' dengan kebutuhan pasar kerja, " kata Hanif

Perbaikan fasilitas dan sarana serta prasarana pendukung pelatihan vokasi terus dilakukan. Kemnaker juga berharap adanya dukungan anggaran yang cukup untuk pengembangan pelatihan vokasi menjadi lebih baik.

"Kemnaker berkomitmen memperbaiki pelatihan vokasi untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing SDM Indonesia serta mempercepat pengurangan pengangguran, kata Hanif.

Pelaksanaan Pelatihan vokasi dilakukan oleh BLK, LPK Swasta, Training Center Industri serta Lembaga pelatihan Kementerian atau Lembaga.

Namun untuk menjamin pelaksanaan pelatihan vokasional yang efektif membutuhkan peran serta aktif pemerintah, dunia usaha swasta akademisi dan masyarakat.

"Setiap tahun kita dihadapkan pada 2 juta angkatan kerja baru tiap tahunnya. Ini merupakan tantangan karena mereka yang angkatan kerja baru ini tidak bisa langsung masuk pasar kerja, kata Hanif.

Apalagi dari total 130 juta angkatan kerja Indonesia, sebanyak 60% diantaranya merupakan tenaga kerja berpendidikan SD dan SMP.


Selama ini akses dan mutu pelatihan vokasional masih menjadi persoalan dan angkatan kerja kita yang didominasi pendidikan rendah lulusan SD- SMP tadi.

"Oleh karena itu, perbaikan dan penyelarasan pelatihan vokasi disesuaikan dengan kebutuhan industri serta menjamin adanya relevansi hasil lulusan dengan kebutuhan industri. Ini menjadi bukti keseriusan pemerintah, kata Hanif.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Peserta Aksi Bela Rohingya Banjiri Patung Kuda

Posted: 15 Sep 2017 09:36 PM PDT

Sebuah spanduk terbentang dalam Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Peserta aksi datang dari berbagai organisasi di antaranya Majelis Ulama Indonesia dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebuah spanduk terbentang dalam Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Peserta aksi datang dari berbagai organisasi di antaranya Majelis Ulama Indonesia dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta Aksi 169 Bela Rohingya memadati kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Mereka membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta Aksi 169 Bela Rohingya memadati kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Mereka membawa sejumlah spanduk yang bertuliskan seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta Aksi 169 Bela Rohingya membawa sejumlah atribut di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Aksi 169 ini merupakan aksi susulan pada 6 September 2017 (69) dengan tema yang sama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta Aksi 169 Bela Rohingya membawa sejumlah atribut di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Aksi 169 ini merupakan aksi susulan pada 6 September 2017 (69) dengan tema yang sama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya pada Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Aksi damai ini diikuti seluruh kalangan masyarakat mulai usia muda hingga tua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya pada Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Aksi damai ini diikuti seluruh kalangan masyarakat mulai usia muda hingga tua. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya pada Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Peserta aksi juga mengawali kegiatan tersebut dengan melantunkan doa bersama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Poster seruan untuk menghentikan kekerasan terhadap etnis Rohingya pada Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Peserta aksi juga mengawali kegiatan tersebut dengan melantunkan doa bersama. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria memanggul anak laki-laki dalam Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Sejumlah orang dewasa turut serta membawa anak-anak mereka yang masih kecil. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang pria memanggul anak laki-laki dalam Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Sejumlah orang dewasa turut serta membawa anak-anak mereka yang masih kecil. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta membawa berbagai poster pada Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Dalam aksinya, mereka juga menuntut pemerintah untuk membantu meredakan penderitaan etnis Rohingya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Peserta membawa berbagai poster pada Aksi 169 Bela Rohingya di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9). Dalam aksinya, mereka juga menuntut pemerintah untuk membantu meredakan penderitaan etnis Rohingya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Orangtua Tunggal, Samuel Rizal Kini Gampang Terharu

Posted: 15 Sep 2017 09:30 PM PDT

Usai bercerai dari Stevianne Agnecya, Samuel Rizal kini harus menjalani tugasnya sebagai orangtua tunggal. Di sela kesibukannya bekerja, Samuel Rizal turut mengurus semua keperluan sang anak, Drucilia Kalea Arifin.

Banyak haru yang dirasakan bintang film Eiffel... I'm in Love 2 ini ketika melihat perkembangan buah hatinya.

"Banyak harulah pastinya. Apalagi pertama kali lihat dia pakai baju sekolah, itu haru banget," ujar Samuel Rizal di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).

Samuel Rizal juga tak mau kehilangan momen berharga dengan si kecil, Cilla.‎ Makanya jika urusan pekerjaannya sudah selesai, pria berkepala plontos itu bakal langsung pulang ke rumah untuk menyempatkan bermain.

Simak juga video berikut ini:

 

"Sekarang pastinya gue mengutamakan apa-apa untuk dia. Selesai syuting pasti langsung pulang. Kalau gue tahu anak gue belum tidur, gue pasti pulang cepat untuk main. Tapi misalnya gue selesainya malam atau meeting, baru gue hang out sama teman-teman," kata Samuel Rizal.

Samuel Rizal saat menghadiri konferensi pers serial terbaru bertajuk 'Crime + Investigation: Indonesia', Jakarta, Kamis (21/7). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Kehadiran Cilla menjadi motivasi tersendiri bagi Samuel Rizal dalam bekerja. "Kalau gue lagi agak jenuh (bekerja), gue selalu pikirkan anak gue. Sebelum atau setelah kerja gue pikirkan dia, itu bikin semangat kayak, 'Bisa gak gue habiskan waktu sama dia (pulang cepat)'," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berubah Peran di Persib Bikin Maitimo Cetak Banyak Gol

Posted: 15 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pemain Persib Bandung, Raphael Maitimo, telah menghasilkan delapan gol di Liga 1 2017. Maitimo bahkan memimpin daftar pencetak gol klub berjuluk Maung Bandung ini.

Yang menarik, posisi Maitimo bukan penyerang, melainkan gelandang. Liga 1 2017 telah memasuki pekan ke-23 dan Maitimo berniat membantu Persib kembali ke papan atas.


Produktivitas Maitimo melonjak dari putaran pertama Liga 1 2017. Pemain naturalisasi asal Belanda itu di putaran pertama hanya dua kali mencetak gol.  

Di putaran kedua, Maitimo mencetak enam gol. Rinciannya, dua gol ke gawang PS TNI, hattrick saat menjamu Persegres Gresik United dan satu lainnya kontra Semen Padang.

Menurut Maitimo, peningkatan produktivitas gol di putaran kedua, karena peran baru yang diberikan tim pelatih. Pada putaran pertama, pemain bernomor punggung 10 ini fokus memperkuat lini belakang. Sementara saat ini lebih condong menyerang.



"Saya mencoba lebih tenang. Sekarang saya bisa cetak gol karena main lebih menyerang. Dulu saya sering main gelandang," kata Maitimo.

Perannya di putaran pertama membuat Maitimo punya lebih banyak assist. Dia membuat dua assist saat menghadapi Persela Lamongan dan Mitra Kukar. Pada putaran kedua, ia baru membuat satu assist saat Persib menghadapi Sriwijaya FC.

"Dulu saya berusaha kasih assist. Tapi yang terpenting Persib menang, siapa pun yang mencetak gol atau assist," tutur Maitimo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto: Jangan Terlalu Detail Atur Peran TNI Tangani Terorisme

Posted: 15 Sep 2017 09:23 PM PDT

Menko Polhukam Wiranto mengatakan, untuk mengatur peran TNI menghadapi terorisme, jangan terlalu detail diatur dalam Revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Terorisme.

"Kita katakan jangan terlalu detail. Karena kalau terlalu detail, berarti justru membatasi gerakan-gerakan lawan terorisme yang kemungkinan sangat beragam variabelnya. Tidak mungkin dikejar dengan detailing dalam satu undang-undang," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat 15 September 2017.

Dia menuturkan, pemerintah memberikan gambaran ruang yang cukup luas untuk manuver TNI bersama polisi, sehingga membentuk satu sinergi yang kuat.

"Yang penting jangan langkahi prosedur. Yang penting tugas pokok dapat dilaksanakan. Karena melawan teroris, dia (teroris) enggak pakai aturan. Mereka bebas bergerak, menyerang, beraksi. Kalau kita terpaku pada aturan sangat kaku, kita enggak bisa menyelesaikan masalah itu," ungkap Wiranto.

Karena itu, kata dia, kesepakatan pemerintah dengan Panja DPR RI mendesak agar revisi UU Terorisme tersebut cepat selesai, sehingga dapat digunakan.

Soal wacana perpres untuk mengatur lebih rinci peran TNI dalam menangani terorisme, dia masih enggan menjelaskan secara detailnya.

"Kalau dibutuhkan ke sana, kita buatlah. Kita pokoknya jangan kaku melawan sesuatu yang bersifat borderless (tanpa batas), enggak ikut aturan atau undang-undang. Kita luwes saja," tandas Wiranto.

Ketua Panja Revisi Undang-Undang Pemberantasan Terorisme Muhammad Syafi'i, memastikan, pelibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam penanganan terorisme. Ia mengatakan DPR maupun pemerintah sudah menyepakatinya.

Hal ini ia sampaikan usai menghadiri rapat tertutup di Kemenko Polhukam. Dalam kesempatan itu, ia membahas revisi UU tersebut bersama Menteri Wiranto.

"Antara Panja DPR dan Wiranto sepakat bahwa pelibatan TNI dalam pemberantasan teroris sesuatu yang tidak lagi diperdebatkan. Di UU Terorisme ini kita pastikan TNI terlibat dan bukan BKO (Bawah Kendali Operasi)," kata Syafi'i di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat 15 September 2017.

Dia menuturkan, pelibatan itu akan diatur lebih rinci dalam peraturan presiden (perpres). Dengan begitu, keterlibatan TNI tidak akan menjadi masalah.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Skytrain Bandara Soetta Resmi Beroperasi 17 September

Posted: 15 Sep 2017 09:20 PM PDT

Setelah melalui tahap verifikasi untuk mendapatkan sertifikasi, PT. Angkasa Pura Dua memastikan Automatic People Movement System atau APMS atau SKYTRAIN Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, akan resmi dioperasikan mengangkut penumpang pada mulai hari Minggu tanggal 17 September 2017 Mendatang.

Sebagai persiapan, saat ini tim pengawas dari Dirjen Perkereta Apian Kementrian Perhubungan, berasama pihak len industri dan woujin, terus melakukan tahap ujicoba serta melengkapi sarana prasarana pendukung lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurus Setelah Melahirkan, Istri George Clooney Disebut Tengkorak

Posted: 15 Sep 2017 09:20 PM PDT

Istri George Clooney, Amal Alamuddin terlihat memukau dalam setiap penampilannya. Aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) itu menunjukkan gaya terbaiknya saat di depan publik, mulai dari tata rias, gaun hingga rambut.

Sayangnya, dalam penampilan terbaru Amal Alamuddin, istri George Clooney itu mendapatkan kritikan pedas. Baru saja melahirkan bayi kembar pada 6 Juni 2017, Amal Alamuddin telah kembali kurus.

Amal Alamuddin yang terlihat lebih kurus setelah melahirkan anak kembarnya, Juni 2017 (Dailymail)

Alih-alih terlihat ideal, beberapa orang menyebut istri George Clooney itu seperti tengkorak berjalan. Bahkan, tulang di leher dan tangan Amal Alamuddin terlihat sangat menonjol, diwartakan RadarOnline, Jumat (15/9/2017).

Seorang netizen menuliskan di kolom komentar saat melihat foto terbaru Amal Alamuddin, "Mengapa dia sekarang biasa sekurus itu? Malah terlihat seperti tengkorak berjalan."

Rupanya Amal Alamuddin memang melakukan diet ketat agar bisa kembali kurus. Seorang sumber menyebutkan, programnya seolah menjadi hukuman agar fokus dilakoni Amal Alamuddin.

"Amal Alamuddin hanya makan sayuran rebus dan daging ayam. Dia benar-benar meninggalkan karbohidrat, sama sekali tak mau menyentuhnya," ungkap orang yang dekat dengan Amal Alamuddin.

Selain itu, Amal Alamuddin juga melakukan latihan cardio setiap hari di tengah-tengah kesibukannya mengurung si kembar. Bahkan, Amal Alamuddin sampai rela melaparkan diri.

Atau saat tak bisa berolahraga, Amal Alamuddin mengajak anak-anaknya ke taman untuk berjalan-jalan. Bagi istri George Clooney itu, setidaknya dia harus bergerak untuk bisa menghilangkang lemak selama hamil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tongtoll Solusi Unik Tapping di GTO

Posted: 15 Sep 2017 09:19 PM PDT

Tongtoll atau tongsis toll adalah cara unik yang muncul setelah kebijakan membayar dengan e-money ditetapkan pemerintah untuk jalan tol.

Alat unik ini sebetulnya adalah modifikasi alat yang terlebih dulu sudah ada, namun kini digunakan untuk menempel kartu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Akhiri Jabatan, Djarot Kebut Pergub soal Kesehatan

Posted: 15 Sep 2017 09:18 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan membuat peraturan gubernur (pergub) yang mewajibkan seluruh rumah sakit swasta bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Meskipun begitu, belum ada undang-undang yang mewajibkan hal tersebut.

Djarot berharap, pergub yang akan dibuatnya dapat mencegah kasus bayi Debora kembali terjadi.

"Makanya Pak Koesmedi (Kepala Dinas Kesehatan DKI) siapkan semua rumah sakit swasta gabung BPJS Kesehatan," ucap Djarot di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Mantan Wali Kota Blitar itu menyatakan, pembentukan pergub tersebut akan diselesaikan sebelum ia menyelesaikan jabatannya memimpin di Ibu Kota.

"Akan selesailah selama dua minggu sebelum akhir masa jabatan. Ini dengan kekhususan Jakarta. Kita bisa keluarkan pergub karena apa karena tujuannya melayani warga Jakarta," papar dia.

Djarot menyatakan, berdasarkan peraturan, sebenarnya rumah sakit swasta mempunyai komposisi 20 persen untuk pelayanan kelas 3.

"Sekitar 4 juta orang sudah terima BPJS, asalkan mereka mau masuk ke kelas 3. Oleh sebab itu, kami dorong supaya tidak ada terjadi kasus seperti kemarin," jelas Djarot.

Saksikan video di bawah ini:

 

Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah membentuk tim investigasi, untuk mengungkap kematian bayi Tiara Deborah Simanjorang alias Debora.

Tim akan dipimpin Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Pemprov DKI Jakarta, Tienke Maria Margaretha.

"Tim berjumlah 19 orang dan akan mulai bekerja pada Jumat, 15 September," ujar Tienke, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

Dia menjelaskan, tim investigasi akan memanggil dan meminta keterangan para saksi. Tim juga akan memeriksa dokumen dan data informasi elektronik dari saksi maupun ahli.

"Investigasi akan dilakukan dari segi medis, manajemen, maupun administrasi. Kemudian melaporkan hasil investigasi kepada Pemprov DKI," kata dia.

Sementara, Ketua Badan Pengawas Rumah Sakit DKI Jakarta, Supriyantoro mengatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah lebih dulu menginvestigasi kasus bayi Debora.

Menurut Supriyantoro, Kemenkes ingin menemukan bukti-bukti dugaan pelanggaran yang dilakukan RS Mitra Keluarga Kalideres yang baru berdiri dua tahun itu. Karena itu, Kemenkes meminta Dinkes Pemprov DKI Jakarta kembali melakukan investigasi.

"Justru, Kemenkes meminta Dinkes untuk lakukan audit. Kemenkes baru akan memberikan sanksi, berupa sanksi administratif. Itu sebabnya dilakukan investigasi, agar data-data yang ada akan menjadi bahan dasar untuk dilakukan klarifikasi langsung ke masing-masing pihak," kata Supriyantoro saat dihubungi pada kesempatan berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2017, Papan Atas Kembali Panas

Posted: 15 Sep 2017 09:15 PM PDT

Persaingan tim-tim papan atas Liga 1 semakin panas. Bali United gagal mempertahankan posisi puncak klasemen setelah pesaingnya, Bhayangkara FC menang 2-1 dalam lawatannya ke markas Semen Padang, Jumat (15/9/2017).

Saat ini Bali United menduduki posisi kedua dengan margin satu gol dengan Bhayangkara FC. Kemenangan 2-1 atas Persija Jakarta juga hanya membuat Serdadu Tridatu unggul satu poin dari PSM Makassar yang menguntit di posisi ketiga.

Dari segi produktivitas gol, Bali United patut berbangga karena jadi tim paling subur di Liga 1 2017 ini. Anak-anak asuhan pelatih Widodo C Putro itu mengoleksi 54 gol dan top socrer sementara kompetisi, Sylvano Comvalius.

Comvalius saat ini memimpin daftar pencetak gol terbanyak dengan koleksi 26 gol. Dia unggul jauh atas bomber Mitra Kukar Marclei (16), dan pemain Madura United Peter Odemwingie (13).

Bali United akan menghadapi ujian untuk mempertahankan posisi di papan atas di pekan ke-25. Sebab Irfan Bachdim dan kawan-kawan dijadwalkan bertemu Persib Bandung, pada Kamis (21/9) mendatang.

Menilik rekor pertemuan kedua tim, Persib selalu menang jika menjamu Bali United di kandang. Contohnya dalam bentrokan terakhir di Stadion Si Jalak Harupat pada Mei 2016 lalu, Maung Bandung menaklukkan Bali United 2-0.

Lebih lengkap, berikut klasemen sementara Liga 1 2017 pada pekan ke-24 ini.

Persija kembali gagal menang di Stadion Patriot (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berikut klasemen sementara pekan ke-24 Liga 1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fadli Zon: Surat Tunda Pemeriksaan Setnov ke KPK Bukan Intervensi

Posted: 15 Sep 2017 09:09 PM PDT

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengirimkan surat ke KPK terkait penundaan pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) pada kasus e-KTP. Karena surat itu, politikus Partai Gerindra ini dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. 

Fadli menjelaskan, surat yang ditandatanganinya itu hanyalah surat biasa. Surat itu dikirimkannya ke KPK hanya untuk menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

"Surat itu hanya meneruskan aspirasi masyarakat saja. Jadi ada surat masuk yang isinya seperti ini (meminta pemeriksaan Setnov ditunda), kemudian kita teruskan sebagai bagian dari tugas kita menyampaikan aspirasi masyarakat. Jadi surat itu surat biasa saja," jelas Fadli Zon di sela-sela acara Sidang Umum ke-38 AIPA di Manila, Filipina, Sabtu (16/9/2017). 

Dia menegaskan, hal yang tertulis dalam surat tersebut juga tentang meneruskan pengaduan masyarakat. "Tidak ada sama sekali maksud untuk intervensi. Tidak ada permintaan, tidak ada opini di situ."

"Kami menerima pengaduan seperti ini, kami teruskan (ke KPK) silakan ditindaklanjuti sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku. Surat yang saya tanda tangani tidak ada kata-kata meminta, tapi permintaan yang mengadu bisa saja. Kan itu dalam suratnya kita lampirkan dan kita sampaikan," Fadli menambahkan. 

Menurut Fadli, dia menandatangani surat tersebut karena urusan politik, hukum, dan keamanan merupakan bidangnya sebagai wakil ketua DPR. Jadi kalau ada surat terkait bidang hukum politik dan keamanan itu pasti melaluinya dan masuk ke meja kerjanya.

"Surat pengaduan itu diseleksi oleh sekretariat baru dibagi ke wakil-wakil ketua sesuai bidangnya," ujar dia. 

Fadli pun menyatakan, bila surat tersebut tidak dikabulkan KPK maka dirinya tidak keberatan. "Ya tidak ada masalah, kan silakan ditindaklanjuti sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Kita tidak meminta untuk dikabulkan," ungkap dia. 

Soal laporan ke MKD, dia menilai hal tersebut salah alamat. Sebab, tidak ada pelanggaran kode etik yang dilakukannya terkait surat tersebut. "Mereka melaporkan tidak lihat suratnya, tidak baca suratnya, jadi ngarang saja itu," Fadli Zon memungkas. 

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman melaporkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Laporan disampaikan terkait surat permohonan penundaan pemeriksaan Setya Novanto pada kasus e-KTP yang ditandatanganinya.

"Hari ini saya melaporkan Fadli Zon yang diduga melanggar kode etik Pimpinan DPR dan anggota soal peristiwa pengiriman surat kemarin, surat ke KPK yang meminta pemeriksaan Setya Novanto ditunda," kata Boyamin saat ditemui di Kantor MKD Gedung DPR RI Senayan Jakarta, Rabu (13/9/2017). 

Boyamin berharap agar laporan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan agar MKD memberikan peringatan kepada Fadli Zon. "Kartu kuninglah buat Fadli Zon. Ini pelanggaran sedang lah," ujar dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Aktivis Sambut Penetapan Tersangka Bupati Batubara

Posted: 15 Sep 2017 09:01 PM PDT

Kasus yang mendera Bupati Batubara, Sumatera Utara, OK Arya Zulkarnaen, tidak serta-merta membuat seluruh warganya berempati. Malah, sejumlah sejumlah aktivis antikorupsi di Kabupaten Batubara, menggelar syukuran.

Syukuran yang digelar para aktivis setelah operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Batubara itu tergolong unik. Mereka mencukur rambut sampai gundul.

Tak hanya menggunduli rambut, para aktivis juga meramaikan syukuran itu dengan alunan musik dari organ tunggal yang telah disiapkan.

Seorang aktivis antikorupsi, Arsyad Nainggolan mengatakan, aksi tersebut sebagai bentuk dukungan kepada KPK untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang melibatkan OK Arya.

"Ini simbol bersih-bersih di pemerintahan Kabupaten Batubara dari segala bentuk korupsi. Kami tetap dukung KPK," ucap Arsyad, Jumat, 15 September 2017.

Para aktivis juga meminta KPK tidak berhenti pada kasus OTT terhadap OK Arya. Mereka berharap sejumlah kasus dugaan korupsi lain, yang juga melibatkan Bupati Batubara dua periode tersebut, diusut.

Petugas menunjukkan uang barang bukti operasi tangkap tangan Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnain saat rilis di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (14/9). Selain OK Arya Zulkarnain, KPK juga menahan enam terduga lainnya. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Tim Satgas KPK menggelar operasi tangkap tangan terhadap Bupati Batubara, OK Arya Zulkarnaen, di rumah dinasnya, Rabu, 13 September 2017. Saat itu, KPK meringkus OK Arya bersama sejumlah orang lainnya.

KPK kemudian menetapkan OK Arya Zulkarnaen sebagai tersangka kasus dugaan suap, terkait pekerjaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Batubara, Sumut.

Tim Satgas KPK menangkap delapan orang dari sejumlah lokasi di Batubara. Mereka adalah Bupati Batubara OK Arya Zulkarnaen, pemilik dealer mobil Sujendi Tarsono, Kadis PUPR Pemkab Batubara Helman Herdady, Staf Pemkab Batubara berinisial AGS, pihak swasta berinisial KHA, sopir istri OK Arya berinisial MNR, serta dua kontraktor Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar.

Selanjutnya, KPK resmi menahan Bupati Batubara OK Arya Zulkarnaen. KPK juga menahan empat tersangka lainnya dalam kasus ini. Mereka adalah Kadis PUPR Batubara Helman Herdady, bos dealer mobil di Kabupaten Batubara Sujendi Tarsono, serta dua orang kontraktor, yaitu Maringan Situmorang dan Syaiful Azhar.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan kelima tersangka ditahan di rutan yang berbeda. Mereka ditahan untuk 20 hari ke depan.

"Tersangka OKA (OK Arya) ditahan di Polres Jakarta Timur, STR (Sujendi Tarsono) ditahan di Gedung KPK Kavling C1, HH (Helman Herdady) ditahan di rutan Salemba. Selain itu, untuk tersangka MAS (Maringan Situmorang) ditahan di rutan Cipinang serta tersangka SAZ (Syaiful Azhar) ditahan di Metro Jakarta Pusat," ucap Febri di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Kamis, 14 September 2017.

Adapun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Harry Nugroho sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kabupaten Batubara. Dilantiknya Harry terkait status tersangka yang ditetapkan KPK kepada OK Arya Zulkarnain.

Pengangkatan Harry Nugroho sebagai Plt Bupati Batubara dilakukan di Aula Martabe, Kantor Gubernur Sumatera Utara, tertuang dalam surat Menteri Dalam Negeri bernomor 132.12/4236/SJ kepada Gubernur Sumatera Utara, tertanggal 14 September 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibuka Gratis, Truk Tak Boleh Lalui Ruas Tol Bawen-Salatiga

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ruas tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 kilometer (km) yang merupakan bagian dari Jalan Tol Semarang-Solo resmi beroperasi tanpa tarif alias gratis. Pengoperasian secara gratis berlaku hingga terbitnya Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tentang pemberlakuan tarif di ruas tersebut.

AVP Corporate Communication Dwimawan Heru mengatakan, dalam pengoperasian awal ini masih terbatas untuk kendaraan golongan 1. "Ruas Bawen-Salatiga dibuka untuk kendaraan kecil, kecuali bus dan truk," kata Heru, Sabtu (16/9/2017).

Keputusan ini berdasarkan Sertifikat Laik Fungsi Jalan Tol Semarang-Solo Segmen III Bawen-Salatiga dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat No AJ.005/I/18/DJPD/2017 tanggal 24 Agustus 2017 dan  Sertifikat Laik Operasi Jalan Tol Semarang-Solo Seksi III Bawen-Salatiga dari Kepala Badan Pengatur Jalan Tol No JL.03.04-P/339 tanggal 14 September 2017  

"Meski dioperasikan sebagai uji coba tanpa tarif, ruas Bawen-Salatiga dipastikan memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) Jalan Tol," tegas Heru.

Pengoperasian Seksi 3 Ruas Bawen-Salatiga Jalan Tol Semarang-Solo merupakan bagian dari target 210 km jalan tol yang akan dioperasikan Jasa Marga tahun ini. Beroperasinya Bawen-Salatiga menambah jalan tol baru yang dioperasikan Jasa Marga tahun 2017, hingga saat ini mencapai 31,4 km.

Sebelumnya, pada 3 Agustus 2017, Jasa Marga telah mengoperasikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan Segmen Gempol-Bangil (Gempol Junction-Bangil) yang melengkapi pengoperasian Segmen Bangil-Rembang yang telah beroperasi sejak 31 Maret 2017, sehingga saat ini Jalan Tol Gempol-Pasuruan Seksi Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km telah beroperasi penuh.

Hingga akhir 2017, Jasa Marga optimistis untuk dapat mengoperasikan tambahan jalan tol baru Surabaya-Mojokerto Ruas Sepanjang-Krian (15,5 km), Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (41,69 km), Jalan Tol Solo-Ngawi (90,25 km), Jalan Tol Ngawi-Kertosono (49,51 km).

Tonton Video Pilihan Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ibu Monyet Bertaruh Nyawa, Meme Kocak Bumi Datar

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Setiap ibu pasti akan melakukan apa pun hanya untuk memastikan buah hati mereka aman. Namun di zaman sekarang, naluri keibuan terkadang lebih diperlihatkan oleh satwa ketimbang manusia.

Seperti diperlihatkan seekor ibu monyet saat mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan bayinya dari terkaman anjing liar.

Artikel tersebut menjadi yang paling menyedot perhatian. Selain itu, sejumlah meme kocak mengenai Bumi datar sungguh menggelitik.

Sementara itu catatan-catatan bunuh diri yang ditinggalkan oleh pelakunya sungguh mengejutkan orang-orang yang ditinggalkan. Betapa kematian mereka telah direncanakan sebelumnya.

Berikut Top 3 Citizen6 selengkapnya:

1. Ibu Monyet Pertaruhkan Nyawa Selamatkan Anak dari Terkaman Anjing

(elitereaders.com)

Seekor bayi monyet mengalami nasib malang karena tertabrak kendaraan roda dua.

Monyet mungil itu beruntung karena ibunya berada di dekatnya dan siap membantunya. Namun nyatanya, kecelakaan tersebut bukanlah akhir dari bahaya yang dialami bayi monyet itu.

Ketika ibu monyet tengah menyelamatkan bayinya, seekor anjing liar terlihat mengintai di dekatnya dan siap menerkam bayi monyet yang tak berdaya itu.

Selengkapnya...

2. 10 Meme Kocak Bumi Datar yang Bikin Cekikikan

Ilutrasi bumi datar. (Sumber prince.org)

Hingga kini media sosial masih diramaikan dengan perbincangan mengenai Bumi bulat dan datar. Entah kenapa, padahal Bumi sudah jelas-jelas bulat, tapi ada yang mengatakan bahwa sebenarnya Bumi itu datar.

Melihat fenomena tersebut warganet malah menanggapinya dengan membuat berbagai meme terkait Bumi datar. Penasaran bagaimana meme-meme banyolan tersebut?

Selengkapnya...

3. Mengerikan, 6 Catatan Bunuh Diri yang Ditinggalkan Pelakunya

Catatan bunuh diri yang ditinggalkan mengejutkan banyak pihak

Sebelum meninggal biasanya seseorang telah membuat surat wasiat untuk orang-orang terkasih dan juga keluarganya. Namun beberapa orang berikut meninggalkan catatan mengejutkan yang menyatakan kematian mereka telah direncanakan sebelumnya.

Seperti merencanakan bunuh diri saat live di televisi. Ada juga yang meninggalkan catatan bunuh diri hingga 1.990 halaman.

Selengkapnya...

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Praveen / Debby Tembus Final Korea Terbuka 2017

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto menjadi wakil Indonesia pertama yang memastikan tiket final Korea Terbuka 2017. Praveen/Debby lolos ke final berkat kemenangan atas Marvin Emil Seidel/Linda Efler dari Jerman dengan skor 21-18 dan 21-12.

Peringkat tujuh dunia tersebut belum pernah bertemu dengan Seidel/Efler di turnamen mana pun. Mendominasi selama pertandingan, Praveen/Debby memastikan kemenangan hanya dalam waktu 31 menit.

Final Korea Terbuka 2017 akan jadi final kedua Praveen/Debby di turnamen Superseries tahun ini. Sebelumnya, juara All England tahun lalu tersebut tampil di partai puncak Australia Open 2017, meski kalah dari pasangan Tiongkok Zheng Siwei/Chen Qingchen.

Masih ada tiga wakil Indonesia yang berjuang pada hari ini di SK Handball Stadium, Seoul. Atlet tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting akan meladeni unggulan pertama turnamen Son Wan Ho, di semifinal Korea Terbuka 2017. 

Sementara rekannya, Jonatan Christie dijadwalkan bertemu Wang Tzu Wei asal Taiwan di semifinal. Sebagai penutup rangkaian semifinal Korea Terbuka 2017, pasangan ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akan menantang unggulan tiga turnamen Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Pertandingan dipastikan berlangsung seru karena kedua pasangan sama-sama mengoleksi dua kemenangan dalam empat kali bertemu. Laga final Korea Terbuka 2017 berlangsung Minggu (17/9/2017).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kumpulan Foto Menawan Planet Saturnus Paling Hits

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Kumpulan foto-foto Planet Saturnus yang berhasil diabadikan oleh pesawat milik NASA, Cassini, ternyata membuat penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari perbandingan spesifikasi Nokia 3, 5, dan 6; dan bagaimana caranya mengecek keaslian sebuah berita dengan 4 cara yang mudah ini.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Kumpulan Potret Menawan Planet Saturnus yang Bikin Terpana

Pesawat eksplorasi Planet Saturnus, Cassini, akan mengakhiri 'masa hidupnya' dalam waktu dekat. Karena tugasnya sudah selesai, ia akan terjun ke Saturnus dan meledakan diri di dalam atmosfer planet.

Diketahui, pesawat milik NASA ini butuh waktu tujuh tahun untuk mengarungi Tata Surya dan pada akhirnya bisa mencapai orbit Saturnus dalam jarak 2,2 miliar mil.

Sejak Cassini berada di orbit planet cincin pada 2004, ia sudah mengambil foto-foto Saturnus dengan indah. Tak cuma Saturnus, Cassini juga mengabadikan bulan-bulan yang mengelilinginya.

Baca selengkapnya di sini

2. Ini Perbandingan Spesifikasi Nokia 3, 5, dan 6

Nokia akhirnya kembali bangkit ke jagat smartphone. Kini, vendor legendaris asal Finlandia tersebut membawa HMD sebagai pemegang lisensi global untuk membesut smartphone Android.

Sebagai debut, trio smartphone Android Nokia akhirnya pun resmi menyambangi Indonesia pada Jumat (15/9/2017). Ketiganya tak lain adalah Nokia 3, 5, dan 6. Mereka dilepas ke pasar kelas menengah.

Adapun ketiga smartphone ini hadir dengan tampilan antarmuka Android stock ala Nexus dan Pixel yang membuatnya bekerja lebih halus dan cepat.

Baca selengkapnya di sini

3. Asli atau Hoax? Cek Keaslian Berita dengan 4 Cara Ini

Peredaran berita hoax di media sosial (medsos) semakin marak. Kita sebagai warganet, tentu harus cerdas memilah informasi mana yang asli, serta informasi mana yang dikategorikan berita bohong.

Pasalnya, jika berita hoax dibiarkan 'mewabah', keberadaannya jelas mengancam masyarakat karena menebar informasi yang tidak benar. Mirisnya lagi, kita belum punya cara pasti untuk bisa membedakan jenis informasi mana yang akurat dan yang hoax.

Nah, Tekno Liputan6.com akan kembali memberikan tips khusus bagi kamu supaya bisa membedakan berita asli atau hoax. Seperti apa caranya? Berikut tips-nya sebagaimana disampaikan langsung dari Praktisi Anti Hoax dan Alumnus TI ITB Dimaz Fathroen.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Ini Berhasil Turunkan Berat Badan Setelah Di-Bully Mantan

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Alvina Rayne mengalami bullying yang dilakukan oleh kekasihnya sendiri. Saat masih berhubungan dengan si pria, Alvina sempat disebut hal-hal yang menyakitkan hati. Saat itu berat badannya mencapai 127 kg.

Namun, pada tahun 2009, perempuan asal Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat ini memutuskan untuk mengakhiri kebiasaan hidup yang tak sehat ini. Dia juga memutuskan untuk meninggalkan pacarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Maskapai Ini Gunakan Minyak Jelantah sebagai Bahan Bakar

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Singapore Airlines (SIA) menjadi maskapai penerbangan pertama di dunia yang memperkenalkan penerbangan dengan bahan bakar biofuel olahan dari minyak goreng bekas atau jelantah.

Biofuel itu digabungkan dengan bahan bakar jet, dalam rangkaian 12 penerbangan rute nonsetop Singapura-San Francisco yang dioperasikan operator tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Tommy Kurniawan Belum Bisa Move On dari Mantan Istri

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Meski sudah setengah tahun bercerai, Tommy Kurniawan mengaku sulit move on dari sang mantan istri, Tania Nadira. Maklum, keduanya punya banyak momen indah selama enam tahun membina rumah tangga.

"Iya masih (drop). Memang itu sulit sih, masih belum, masih sangat sulit, tapi harus dijalani," kata Tommy Kurniawan, saat ditemui di sela-sela konferensi pers film Eiffel... I'm in Love 2 di kawasan KH. Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017).

Tommy Kurniawan dan Fatimah Tania Nadira (Instagram/@tommykurniawan77)

Tommy Kurniawan ditanya mengenai momen apa saja yang membuatnya sulit move on. Bintang film Buruan Cium Gue ini menilai keberadaan sang mantan istri dalam setiap aktivitas kerjanya yang membuatnya galau. "Biasanya kayak momen hari ini kan (konferensi pers)," ucapnya seraya tertawa.‎

Meski begitu, Tommy Kurniawan memastikan bahwa rencana pernikahannya dengan seorang wanita berinisial L, masih terus dimatangkan.

"Nanti pada saatnya akan berbagi kebahagiaan dengan teman-teman semua kok," ujar Tommy Kurniawan.

Tommy Kurniawan. (Liputan6.com/Hemran Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Anda yang Lahir di September Adalah Sosok Pintar

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Bagi Anda yang lahir di September, selamat! Studi membuktikan seseorang yang lahir di bulan kesembilan ini memiliki nilai akademis lebih tinggi dibandingkan teman-teman sekelas.

Studi terbaru dari University of Toronto, Northwestern University, dan University of Florida menyebutkan sejak taman kanak-kanak, nilai akademis anak yang lahir di September lebih cemerlang. Anak-anak yang lahir di bulan itu, sering merupakan tertua di kelasnya. Jadi, mereka lebih memiliki pengalaman hidup lebih banyak dan dewasa dibanding yang lainnya.

Berbeda halnya dengan anak yang lahir di Agustus. Anak-anak ini cenderung menjadi termuda di kelas. Sehingga kemungkinan berjuang lebih keras dibandingkan anak-anak lain seperti mengutip Pure Wow, Jumat (15/9/2017).

Studi ini juga menyebutkan, anak yang lahir di September saat besar memiliki semangat kuliah. Tak heran bila lebih banyak mahasiswa yang berulang tahun di bulan itu dibandingkan bulan lain.

Keunggulan orang yang lahir di September adalah sangat terorganisasi. Segala sesuatu direncanakan dengan saksama. Tak heran bila sosok ini mengharapkan teman-teman atau kelompoknya sama sepertinya. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Pariwisata Indonesia Juara Umum di UNWTO

Posted: 15 Sep 2017 09:00 PM PDT

Video pariwisata Wonderful Indonesia: The of a Wonderful akhirnya juara dunia. Dua kategori diborong tuntas, dalam kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO, lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata. Diumumkan saat 22rd General Assembly UNWTO di Intercontinental Century City Convention Center Hotel, Chengdu, Tiongkok, penghargaan itu diterima langsung oleh Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya matanya sempat berkaca-kaca saat dirinya dipanggul untuk kedua kalinya ke atas mimba. Agak lama dia terdiam, tidak banyak berkata-kata yang terucap dari bibirnya. Hanya satu frasa, "Membanggakan!" ucap Arief Yahya singkat, sambil memegang bendera Merah Putih.

Yang membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya bangga adalah karena Indonesia juara dalam dua kategori langsung, yaitu Winner UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award 2017.

Selain itu, dua penghargaan ini merupakan pertama kali dalam sejarah kompetisi video pariwisata UNWTO. Hanya Indonesia, satu-satunya negara yang mencatat sejarah, mendapatkan juara kedua-duanya. Karena itu, ini momentum kemenangan dari 63 negara peserta dan sangat membanggakan.

"Ini surprise buat kita! Kami tidak menyangka di kategori ini juara, pesaing di Asia Timur dan Pasifik itu, bagus-bagus. Kalau di media sosial, video-video pendek 30 detik yang diviralkan Selandia Baru, Australia, Korea, Jepang itu bagus-bagus. Video kita sudah lolos dari juri UNWTO yang standar dunia," kata Arief Yahya.

Untuk kategori People's Choice yang pemenannya ditentukan melalui e-voting, Arief Yahya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang turut mengajak masyarakat Indonesia untuk memilih hingga akhirnya juara.

Video Wonderful Indonesia: The of a Wonderful sendiri memang diakui memiliki sinematografi dan teknik pengambilan gambar yang bagus. Destinasi yang diekspose dalam video tersebut antara lain Jakarta, Wakatobi, Raja Ampat, Sumatera utara, Lombok, Makassar, dan Banyuwangi. Soundtracknya video menampilkan musik kelas dunia melalui lagu What A Wonderful World oleh Louis Armstrong.

Arief Yahya meyakini kemenangan ini bisa menjadi branding yang kuat pada pariwisata Indonesia. "Secara internal menaikkan Confidence Level. Secara ekaternal memperkuat Credibility. Dan sudah lolos dari Calibration melalui global standar atau kriteria yang berkelas dunia," ungkap Arief yahya.

Juara Hasil Voting terbanyak: Indonesia (People's Choice Award)
Juara video terbaik Regional:
1. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Africa - Tunisia.
2. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Americas - Chili.
3. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for East Asia and the Pacific - Indonesia.
4. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Europe - Swiss.
5. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for Middle East - Mesir.
6. Winner of the UNWTO Tourism Video Competition for South Asia - Bhutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo hingga Sandiaga Uno Bakal Orasi di Aksi Bela Rohingya

Posted: 15 Sep 2017 08:45 PM PDT

Tragedi yang menimpa warga etnis Rohingya di Myanmar, menimbulkan keprihatinan besar, tak terkecuali di Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengadakan aksi damai dengan sejumlah ormas di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat.

"Tujuan dari aksi ini adalah kami ingin berikan tekanan, supaya genosida di Myanmar dihentikan, kembalikan kewarganegaraan etnis Rohingya. Ini sejalan dengan kemerdekaan hak segala bangsa," kata DPW PKS DKI Syakir Purnomo di Monas Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Dia juga memastikan aksi bela umat muslim Rohingya ini akan berjalan damai.

Sejumlah tokoh seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hingga Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno, direncanakan akan berorasi dalam aksi tersebut.

"Ini acaranya nanti orasi, ada juga nasyid-nasyid perjuangan. (Yang akan orasi) nanti ada Prabowo, Sohibul Iman, Hidayat Nur Wahid, dan Sandiaga Uno," kata dia.

Tak hanya itu, PKS dan sejumlah ormas lainnya juga turut menggalang dana dari seluruh Indonesia, yang nantinya akan disalurkan ke berbagai lembaga kemanusiaan.

Syakir berharap, penggalangan dana ini dapat membantu pemerintah untuk menyelamatkan muslim Rohingya.

"Waktu DPR pusat kan, sampai Kamis malam dapat di angka Rp 3 miliar. Hari ini juga ada penggalangan dana, jadi kami ingin bantu pemerintah juga," kata Syakir.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk para pengungsi Rohingya di perbatasan Bangladesh dan Myanmar, kembali tiba pada Jumat, 15 September 2017.

Dua pesawat Hercules tiba di Bandara Internasional Shah Amanat, Chittagong, Bangladesh.

Berdasarkan siaran pers dari Biro Pers Kepresidenan, pesawat Hercules A 1335 tiba sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau 18.00 WIB. Pesawat itu membawa bantuan kemanusiaan berupa paket sandang, family kit, flexible tank, selimut, dan gula.

Berselang dua jam, tepatnya pukul 19.00 waktu setempat atau 20.00 WIB, pesawat Hercules A 1326 yang berisi 10 ton beras juga mendarat di bandara tersebut.

Tak sampai di situ, hari ini, Sabtu, 16 September 2017, bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk Rohingya akan kembali tiba.

"Pagi ini, Sabtu 16 September 2017, pesawat keberangkatan ke-5 dan ke-6, akan berangkat ke Chittagong pada pukul 06.30 WIB dan 08.30 WIB dari Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh," ucap Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Biro Pers.

Dengan bantuan yang terus berdatangan tersebut, diharapkan niat baik pemerintah Indonesia untuk membantu meringankan beban para pengungsi Rohingya dapat terwujud.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pelatih Malaysia U-19 Usai Melaju ke Final Piala AFF U-18

Posted: 15 Sep 2017 08:45 PM PDT

Pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak, tampak kalem dalam sesi konferensi pers seusai tim asuhannya memenangi drama adu penalti dengan skor 5-4 pada laga semifinal Piala AFF U-18 2017 melawan Myanmar di Stadion Thuwunna, Yangon, Jumat (15/9/2017) malam.

Tidak hanya wajah atau ekspresi ceria pada wajahnya. Bojan Hodak hanya melontarkan pernyataan singkat perihal keberhasilan skuatnya melaju ke final Piala AFF U-18 2017.

"Saya baru dua pekan menangani tim ini. Di saat-saat awal, saya bahkan sama sekali tak tahu nama-nama
pemain. Jadi, saya tak bisa membandingkan tim ini dengan tim yang sudah bersiap lama seperti Indonesia, Thailand, dan Myanmar," ujar pelatih asal Kroasia itu.

Kondisi itu membuat Bojan Hodak cenderung lebih fokus pada taktik. "Para pemain dalam tim-tim itu memiliki pengertian satu sama lain yang bagus, jadi kami harus mencari cara lain untuk memetik kemenangan," ujarnya.

"Pada laga melawan Myanmar, saya mengusung taktik khusus dan menerapkan serangan balik. Namun, kami
gagal mencetak gol," imbuh Bojan Hodak.



Pelatih 46 tahun itu sempat memberikan pandangannya perihal kepemimpinan wasit asal Vietnam yang dikeluhkan pelatih Timnas Myanmar U-19.

"Sulit buat saya bicara soal wasit, tapi buat saya, dua tim sama-sama tidak diuntungkan, sama-sama tidak
senang dengan keputusan wasit," paparnya.

Malaysia bakal bertemu lagi dengan Thailand di final Piala AFF U-18 2017. Kedua tim melaju ke final, setelah memenangi adu penalti atas lawan masing-masing di semifinal. Pada laga terakhir penyisihan Grup A, duel Thailand vs Malaysia berakhir dengan skor 0-0.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Syahrini Ribut dengan Makeup Artist Gara-Gara Ini

Posted: 15 Sep 2017 08:42 PM PDT

Enggak disangka, Syahrini ternyata tukang ribut dengan makeup artist jika menyangkut persoalan ini. Cek juga dua artikel terpopuler yang paling banyak dibaca di top 3 lifestyle, Sabtu (16/9/2017) di bawah ini;

1. Syahrini Rela Berantem dengan Makeup Artist Gara-Gara Ini

Syahrini

Jika selama ini Anda mengira Syahrini selalu memakai makeup tebal karena tampil prima, ternyata ini faktanya. Incess, begitu sapaan akrabnya rela berantem dengan makeup artist yang ingin mengaplikasikan makeup kit ini pada wajahnya. Baca selengkapnya di sini

2. Wanita, Jika Pasangan Lakukan 5 Hal Ini, Jangan Menikahinya

Wanita, Jika Pasangan Lakukan 5 Hal Ini, Jangan Menikah Dengannya

Berikut ini adalah hal yang jika Anda menemukan pasangan pernah melakukannya, jangan pernah menikah dengannya. Penasaran apa saja? Lihat di sini

3. Lukisan Mosaik Telanjang Ini Dibuat dari 20.000 Paku

Lukisan Paku

Berbeda dengan karya-karya sebelumnya, Mackley kali ini memanfaatkan puluhan ribu paku untuk dijadikan sebuah lukisan mosaik telanjang yang menakjubkan. Sebanyak 20.000 paku disusun dengan sangat cermat ke dalam bingkai yang kemudian diberi warna sesuai dengan kedalaman paku. Cek di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: