Jumat, 29 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Khloe dan Kylie Jenner Hamil, Kim Kardashian Takut Kalah Pamor

Posted: 29 Sep 2017 10:00 PM PDT

Reality show Keeping Up with the Kardashians telah lama diputar di layar kaca. Serial ini menceritakan mengenai kehidupan keluarga Kardashian—dengan Kim Kardashian sebagai pemeran utamanya—dan Jenner. Kris Jenner, sebagai ibu, sangat memperhatikan acara itu karena dianggap membuat nama anggota keluarganya di puncak popularitas.

Saat ini keluarga Kardashian tengah menjadi pusat perhatian, berkat kabar bahwa Khloe dan Kylie Jenner tengah mengandung. Kabar mengejutkan itu tentu saja disambut hangat oleh Kris Jenner, karena membuat rating acaranya tinggi.

Kim Kardashian (E!)

Sebuah kabar menyebut rating Keeping Up with the Kardashian tetap tinggi karena Kris Jenner banyak memalsukan cerita. Bahkan, Kris Jenner rela mengorbankan anaknya demi rating.

Kylie Jenner yang baru berusia 20 tahun hamil buah cintanya dari sang kekasih, Travis Scott. Sementara, Khloe telah lama mendambakan memiliki anak. Kini, ia hamil setelah berhubungan dengan Tristan Thompson.

Mendengar kabar itu, Kim Kardashian disebut-sebut iri. Ia khawatir dua adiknya mendapatkan perhatian lebih banyak dari publik dibandingkan dirinya, diwartakan RadarOnline, Sabtu (30/9/2017).

Keluarga Kardashian

Sebelumnya, Kim Kardashian juga mengumumkan tengah menanti anak ketiga, yang dikandung oleh ibu pengganti. Bukan rahasia lagi jika Kim Kardashian seolah haus akan popularitas. Alasannya, Kim Kardashian dianggap sebagai simbol klan tersebut.

"Padahal, Kim Kardashian telah menyiapkan drama untuk menyambut anak ketiganya demi rating. Tapi, kini ia terjebak dengan situasi yang dianggap tak menguntungkan," ujar sebuah sumber.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dua Warga Bulgaria Pembobol ATM Ditangkap Polisi

Posted: 29 Sep 2017 10:00 PM PDT

Dua warga negara Bulgaria ditangkap di Bali, setelah membobol ATM dengan memasang kamera tersembunyi untuk merekam pin korban.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bila Anak Nonton Film G30S PKI, Ortu dan Guru Perlu Lakukan Ini

Posted: 29 Sep 2017 10:00 PM PDT

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhajir Effendy, dalam sebuah wawancara menyampaikan film 'Penumpasan Penghianatan G30S/PKI' tidak layak untuk ditonton anak-anak. Baik anak SD maupun SMP tidak disarankan menonton karena ada beberapa adegan sadis.

Walau tidak disarankan, bisa saja anak-anak tetap menonton film yang disutradarai Arifin C Noer itu. Apalagi di berbagai titik sudah dan akan digelar nonton bareng. Dikabarkan pula, ada dinas pendidikan yang mengeluarkan surat edaran kepada anak SD dan SMP untuk menonton dan membuat resume tentang film itu.

Bila anak menonton atau harus menonton, psikolog anak, Anna Surti Ariani, mengingatkan pentingnya orangtua atau guru melakukan pendampingan. Sehingga anak jadi mudah setiap saat untuk bertanyak kepada mereka.

"Saat pendampingan, orangtua atau guru bakal ditanya sama anak. Pada saat itu secara langsung kita bisa menyampaikan hal tersebut adalah sejarah masa lalu," kata psikolog yang akrab disapa Nina ini.

Orangtua dan guru juga sebaiknya sudah siap dengan kumpulan informasi sejarah yang tepat tentang kejadian 30 September 1965 ini. Sehingga bakal memberikan jawaban bijak dan tepat atas pertanyaan anak.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Saat memberikan pendampingan, orangtua dan guru juga perlu memperhatikan reaksi anak pada saat ia menonton. Apakah takut atau santai-santai saja.

Saat melihat adegan sadis, anak mungkin ketakutan. Bila ketakutannya berlebihan, bisa membuatnya terus menerus berpikir, bahkan sampai tidak bisa berkonsentrasi dan tidak bisa tidur.

"Bahkan bisa timbul kecemasan kalau sampai adegan tersebut mengenai diri atau keluarganya," tutur Nina.

Namun, bisa saja anak santai saat menonton adegan sadis. Ada dua kemungkinan terkait hal ini. Pertama, dia tidak paham apa yang ditonton. Orangtua atau guru wajib melakukan pengecekan apakah benar anak tidak paham dan tidak peduli.

Kedua, kalau anak paham yang ditonton dan tetap santai, ini kemungkinan sang anak sudah menoleransi kekerasan. "Ini lebih mengerikan. Biasanya terjadi pada anak yang sudah biasa memainkan gim yang mengandung kekerasan," jelas Nina.

Bila anak nampak ketakutan melihat adegan-adegan dalam film berdurasi 3,5 jam ini, Nina menyarankan orangtua bertanya kepada anak apa yang ditakuti. Hal ini bertujuan menggali perasaan yang muncul dari anak.

Misalnya anak mengungkapkan takut saat melihat adegan Ade Irma Suryani saat ditembak. Sangat mungkin anak menyampaikan juga bahwa dia takut ditembak.

"Bila seperti ini, orangtua bisa bilang, 'Ibu juga takut saat melihat adegan itu. Kejam sekali ya orang-orang itu sampai ada anak yang menjadi korban'. Ini merupakan usaha untuk melakukan validasi emosi kepada anak," kata psikolog yang berpraktik di Klinik Terpadu UI-Depok ini.

Jika anak sudah ketakutan, orangtua perlu memberikan rasa aman kepada buah hati. Misalnya dengan menyebutkan bahwa pada saat ini pemerintah sudah lebih tegas dalam memberantas orang-orang yang punya niat kejam seperti itu.

"Sampaikan juga bahwa orangtua akan sangat berusaha menjaga anak kalau ada seseorang yang berusaha mencelakannya," saran wanita yang juga ibu dua anak ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denny Wirawan Kemas Batik Kudus Secantik Taman Bunga

Posted: 29 Sep 2017 10:00 PM PDT

Motif flora dan fauna serta perpaduannya dengan warna-warna cerah begitu cantik bagaikan taman bunga. Hal itu diwujudkan dalam koleksi terbaru Batik Kudus dalam brand Balijava oleh desainer Denny Wirawan.

Merayakan dua dekade berkarya lewat kain dan pola, Denny Wirawan yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation akan menampilkan koleksi terbaru Balijava Batik Kudus dalam peragaan busana bertajuk Wedari, yang digelar di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (28/9/2017).

Pagelaran busana Wedari ini mengangkat beragam motif dan isen-isen Batik Kudus yang belum terpublikasi. Motif flora dan fauna nan elok dengan penuh warna ceria yang mengandung unsur hangat dan dingin semakin menambah khazanah kekayaan ragam motif wastra ini.

Wedari tampil sebagai sebuah pagelaran busana yang penuh harmoni dengan memadukan elemen budaya, tarian, musik, tata panggung, dan video mapping karya generasi muda Indonesia. Kentalnya sentuhan musik tradisional Kudus dan Jawa Tengah dipadukan secara apik dengan musik modern, tak ayal menghanyutkan khayal para penikmat fashion yang juga dimanjakan dengan indahnya detail dan beragam tampilan pola yang disuguhkan Denny Wirawan.

Fashion show dibagi menjadi empat sequence. sequence pertama menonjolkan bordir Kudus yang dulu sempat berjaya. Karenanya, warna yang dipilih adalah putih agar bordir lebih terlihat.

"Penggarapan bordir ini cukup rumit karena menggunakan alat bordir yang kecil," kata Denny Wirawan di Jakarta.

sequence dua hingga empat menunjukkan taman sari dengan flora berwarna-warni seperti taman bunga yang sedang mekar. Motif tersebut sebenarnya adalah motif asli Batik Kudus yang dieksplorasi kembali oleh Denny Wirawan.

 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

Selanjutnya, Denny Wirawan juga menggunakan motif geometris. Menariknya, setiap garis diisi dengan isen-isen yang rumit dan berbeda. Sehingga batik menjadi lebih spesial.

Sekuen terakhir, Denny Wirawan memberikan sentuhan ningrat yang elegan. Berisi koleksi Batik Kudus dengan motif fauna bangau yang penuh wibawa dan merak yang memberikan kesan mewah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Railink Kenalkan Sistem Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Posted: 29 Sep 2017 09:45 PM PDT

PT Railink akan mengoperasikan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Demi mendukung upaya itu, Railink terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta nantinya.

Salah satu dari bentuk inovasi yang diciptakan Railink adalah Airport Railways Ticketing System (ARTS). ARTS merupakan sistem ticketing yang berbasis online yang bisa diakses melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.

"ARTS ini merupakan sistem ticketing yang dikembangkan sendiri oleh PT Railink dan menjadi salah satu persembahan terbaik kami untuk masyarakat. Kami juga sampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan ARTS ini," ujar Direktur Operasi dan Teknik Railink Porwanto Handry Nugroho, Sabtu (30/9/2017).

Pengenalan ARTS ini telah dilakukan Railink pada perayaan HUT perusahan ke-11 yang jatuh pada 28 September 2017 di Stasiun KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Porwanto menjelaskan ARTS ini akan menjadi sistem ticketing transportasi publik di masa yang akan datang. Ini dikarenakan banyak keunggulan yang dihadirkan di ARTS ini mulai dari pembayaran yang bisa dilakukan secara non tunai (cashless), tanpa kartu (cardless), serta tanpa operator (manless).

Cashless, berarti tidak ada lagi pembayaran tunai yang dilakukan pada semua chanel penjualan tiket KA Bandara yang disediakan oleh ARTS. Cardless, berarti ARTS tidak mengeluarkan kartu khusus sebagai alat transaksi.

"Jadi setiap penumpang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu perbankan yang mereka miliki baik berupa kartu debet, kartu kredit, maupun prepaid," tambah Porwanto.

Sedangkan manless, berarti ARTS tidak lagi menyediakan ticket counter yang dilayani oleh operator. Calon penumpang dapat melakukan pembelian tiket melalui Vending Machine, Internet Booking dan Mobile Aplikasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Adapun dalam penyelenggaraannya Railink telah bekerjasama dengan perbankan, payment gateway dan penyedia jaringan. Dari perbankan di dukung oleh BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Bank Maybank Indonesia, Bank Permata dan Bank QNB.

Selain itu ada juga Telkomsel dengan produk TCASH nya. Sementara dari payment gateway ada DOKU, Midtrans, Artasaja, Finnet dan Kartuku. Sedangkan pihak sebagai penyedia jaringan adalah ICON+.

"Melalui ARTS, Railink siap mendukung pengoperasian KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam waktu dekat, dan kami berharap melalui sitem ini selain dapat memberikan pelayanan yang mudah, cepat dan handal juga dapat dijadikan sebagai acuan sistem ticketing untuk transportasi publik lainnya," tutur Nugroho.

Seperti diketahui, Railink mengembangkan ARTS ini kurang lebih selama satu tahun. Dalam pengembangannya, Railink telah menginvestasikan dana mencapai Rp 30 miliar.

Untuk tahap awal, Railink akan memasang 4 unit mesin vending machine bersistem ARTS ini di Stasiun Sudirman dan 4 unit juga di Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Namun ke depannya kebutuhan ini akan ditambah sesuai dengan kebutuhan. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA Desak Pemain Berdiri saat Lagu Kebangsaan Dinyanyikan

Posted: 29 Sep 2017 09:45 PM PDT

NBA dikabarkan telah mengirimkan memo kepada 30 klub untuk menginstruksikan para pemainnya tetap berdiri saat lagu kebangsaan Amerika Serikat dikumandangkan sebelum pertandingan. Peraturan ini berlaku tanpa pengecualian.

Memo ini, menurut laporan ESPN, dikirim oleh wakil commissioner NBA Mark Tatum pada Jumat (29/9/2017) malam waktu setempat. Memo tersebut mengatakan bahwa liga memiliki kebijakan untuk mendisiplin pemain yang melanggar peraturan yang ada di buku peraturan yang menyatakan bahwa mereka harus berdiri saat lagu kebangsaan dinyanyikan. 

Dalam memo itu juga disebutkan NBA akan menentukan bagaimana menghadapi kemungkinan pemain, pelatih atau ofisial klub tidak berdiri saat lagu kebangsaan dikumandangkan. Tim-tim peserta NBA tidak memiliki kewenangan untuk mengesampingkan peraturan ini.

Tatum menyarankan agar setiap tim melakukan upaya di laga kandang pertama guna mengatasi iklim politik di Amerika Serikat yang sedang panas dengan meminta para pemain atau pelatih memberikan pidato sebelum pertandingan kepada fans.

Memo dari Tatum ini berselang 24 jam setelah Commissioner NBA Adam Silver menyatakan harapannya agar para pemain dapat tetap berdiri selama lagu kebangsaan dinyanyikan.

"Kami memiliki peraturan yang mewajibkan pemain berdiri saat lagu kebangsaan diputar," ujar Silver di New York.

NBA mengambil tindakan tegas soal kewajiban berdiri saat lagu kebangsaan dinyanyikan karena khawatir para pebasket akan mengikuti beberapa pemain NFL (Liga American Football) yang memilih berlutut saat lagu kebangsaan Amerika dinyanyikan.

Kebetulan klub-klub NBA akan kembali bertanding mulai akhir pekan ini dengan diawali pertandingan pramusim. Ada dua laga yang digelar Sabtu (30/9/2017).

Aksi berlutut ini pertama kali dilakukan oleh quarterback NFL Colin Kaepernick sebagai bentuk protes atas ketidakadilan rasial dan kebrutalan polisi di Amerika Serikat.

Sebelumnya hanya segelintir pemain NFL yang melakukan aksi berlutut. Namun sejak Presiden Donald Trump memberikan respons pedas, semakin banyak pemain yang melakukan aksi berlutut.

Lebih dari 200 pemain (kebanyakan berkulit hitam) melakukan aksi serupa. Bahkan 99 persen pemain klub american football Pittsburgh Steelers American memilih tetap di ruang ganti saat lagu kebangsaan Amerika dikumandangkan. Hanya satu pemain yang berada di lapangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Depan, Ringgo Agus Rahman Bakal Punya Tiga Anak

Posted: 29 Sep 2017 09:40 PM PDT

Ringgo Agus Rahman saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi seorang abah bagi tiga orang putri. Hal tersebut akan terjadi di film Keluarga Cemara versi modern yang akan diproduksi.

Ya, Ringgo akan memerankan tokoh Abah, ayah dari Euis, Ara, serta Agil dalam Keluarga Cemara. Saat menggelar konferensi pers soal film tersebut, suami dari Sabai Morscheck ini menjelaskan persiapannya.

 (Adrian Putra/bintang.com)

"Lucunya pas ditawarin, saya lagi syuting dengan Abah zaman dulu, Adi Kurdi. Saya nanya langsung nilai KC (Keluarga Cemara) dulu gimana. Saya enggak bilang saya diterima jadi Abah," kata Ringgo Agus Rahman menceritakan awal mulanya pada Jumat (29/9/2017) di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Salah satu pertimbangan Ringgo menerima tawaran tersebut adalah karena saat ini, Ringgo memang sudah menjadi seorang ayah. Dari Keluarga Cemara, Ringgo belajar untuk menjaga sebuah keluarga yang utuh.

"Saya pengin tau aja, tapi ini kan zaman sekarang sosmed, harus makin pintar. Sekaligus punya kekhawatiran buat punya anak, takut ada informasi yang ditangkap anak saya yang salah. Banyak yang bisa diambil di mana saya harus bikin keluarga menerapkan kejujuran, hierarki gak selalu seperti zaman dulu, saya dan anak terbuka. Biar utuh seperti Keluarga Cemara," lanjut Ringgo Agus Rahman.

  (Adrian Putra/bintang.com)

Sementara itu, peran Emak akan dimainkan oleh Nirina Zubir. Dalam kesempatan yang sama, Nirina juga menceritakan persiapannya dalam memerankan seorang Emak.

"Buat Nirina lebih ke belajar lagi kayak pembawaan Emaknya kayak apa, dan membuat yakin, karena karakternya melekat di mata orang-orang. Kelembutannya seperti apa, jadi ibu punya banyak anak, di tengah ekonomi yang turun. Persiapannya rambut dipanjangin dan lain-lain," kata Nirina Zubir.

Film Keluarga Cemara ini direncanakan akan mulai produksi pada Desember 2017 hingga Januari 2018, dan akan tayang pada tahun depan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Bawakan 12 Lagu, God Bless Gebrak Panggung JogjaRockarta

Posted: 29 Sep 2017 09:34 PM PDT

Pemain gitar band beraliran Rock God Bless, Ian Antono menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemain gitar band beraliran Rock God Bless, Ian Antono menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Drummer God Bless menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). Dalam penampilannya God Bless membawakan sebanyak 12 lagu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Drummer God Bless menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). Dalam penampilannya God Bless membawakan sebanyak 12 lagu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aksi panggung vokalis God Bless, Ahmad Albar saat menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). Dalam penampilannya God Bless membawakan 12 lagu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aksi panggung vokalis God Bless, Ahmad Albar saat menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). Dalam penampilannya God Bless membawakan 12 lagu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Band beraliran Rock God Bless menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). Dalam penampilannya God Bless membawakan sebanyak 12 lagu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Band beraliran Rock God Bless menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). Dalam penampilannya God Bless membawakan sebanyak 12 lagu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemain Bass  Band beraliran Rock God Bless, Donny Fattah menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemain Bass Band beraliran Rock God Bless, Donny Fattah menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Jogjakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hengky Kurniawan Larang Istri Ikut Program KB

Posted: 29 Sep 2017 09:30 PM PDT

Hengky Kurniawan tengah menanti kelahiran buah hati yang diprediksi lahir akhir tahun ini. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu ‎akan menjadi anak ketiga Hengky Kurniawan, sekaligus yang kedua dari pernikahannya dengan Sonya Fatmala.

Memiliki tiga anak rupanya belum membuat Hengky Kurniawan puas. Bintang film Buruan Cium Gue ini berniat untuk terus menambah anak.

 (Nurwahyunan/bintang.com)

‎‎"Ya, penginnya pas lima anak. Kalau saya ikuti program orang zaman dulu, banyak anak banyak rezeki. Kami memang beda usia 11 tahun, kalau Sonya ikuti pengin program pemerintah Keluarga Berencana (KB) dua anak cukup," kata Hengky Kurniawan di rumahnya kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

‎‎Untuk mewujudkan impiannya, Hengky Kurniawan melarang Sonya melakukan program KB. Pesinetron ABG ini baru memberikan izin Sonya untuk KB, jika target lima anaknya sudah terpenuhi.‎‎"Jadi saya sudah ngomong ke Sonya, jangan KB dulu. Setelah lima anak baru boleh KB," ucap Hengky Kurniawan seraya tertawa.

 

Meski begitu, Hengky Kurniawan tetap mengatur jarak usia anak-anak mereka agar tidak terlalu jauh ataupun berdekatan. "Kami programnya dua tahun sekali (melahirkan). Soalnya saya juga dengan kakak sekitar dua tahun, itu ngumpulnya jadi enak," ujarnya. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenang G30S, PS TNI Pakai Pita Hitam Lawan Persija

Posted: 29 Sep 2017 09:30 PM PDT

Para pemain PS TNI akan mengenakan pita hitam dalam pertandingan melawan Persija Jakarta, pada Sabtu (30/9/2017). Aksi ini merupakan bentuk penghormatan pahlawan revolusi yang gugur dalam tragedi G30S/PKI pada tanggal 30 September 1965 silam.

Seperti yang dipaparkan Media Officer PS TNI, Nandang Permana, sebagian besar pemain dalam skuat The Army merupakan prajurit TNI. Sebelum ini mereka juga pernah penggunaan pita hitam sebagai bentuk ungkapan duka sekaligus penghormatan untuk Ricko Andrean, suporter Persib Bandung yang wafat akibat pengeroyokan.

"Untuk mengenang para pahlawan revolusi yang wafat tepat pada tgl 30 September 52 tahun yang lalu, para pemain PS TNI yang 85 persen adalah prajurit TNI akan mengenakan pita hitam pada pertandingan melawan Persija nanti," kata Nandang Permana kepada wartawan.

PS TNI sudah melakukan persiapan maksimal di bawah kepelatihan Rudy Eka Priyambada. Sebab Mahanati Lestusen dan kawan-kawan dituntut untuk membalas kekalahan pada pertemuan pertama Juni lalu.

"Semua sudah dilakukan. Perbaikan permainan, lalu mental pemain, semuanya sudah kami lakukan di dalam lapangan, di dalam class room, dan juga di luar lapangan," tutur Rudy dalam jumpa pers prapertandingan.

"Saya sekarang bersama PS TNI untuk mengangkat tim ini lebih bagus," tutur Rudy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Saat Hujan, Pengendara Mobil Sport Ini Malah Buka Payung

Posted: 29 Sep 2017 09:30 PM PDT

Diduga atap mobil tidak bisa dibuka, seorang pengendara mobil sport di China malah membuka payung saat hujan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Lovato Cerita Perjuangannya Hadapi Gangguan Mental

Posted: 29 Sep 2017 09:20 PM PDT

Demi Lovato tak malu mengungkapkan dirinya yang sempat mengalami gangguan mental sehingga harus direhabilitasi, 2010 silam. Setelah berhasil berjuang melawan gangguan mental dan masalah kesehatan, Demi Lovato kini merasa lebih sehat.

Dalam sebuah wawancara, Demi Lovato bercerita mengenai perjuangannya. Kini, artis jebolan Disney merasa lebih kuat setelah berdamai dengan dirinya.

Selain itu, Demi Lovato sangat terbuka tentang perjuangan masa lalunya dengan gangguan bipolar, bulimia, dan obat-obatan. Menurut Demi Lovato, berbagi cerita merupakan caranya untuk bisa menolong orang lain dengan masalah serupa, diwartakan The Huffington Post, Sabtu (30/9/2017).

Demi Lovato

"Memiliki penyakit gangguan makan atau bulimia itu sama sekali tidak keren. Kau baru bisa disebut menang setelah berhasil mengalahkan penyakitmu setelah kau sempat menyerah,"ujar Demi Lovato, dilansir dari US Magazine.

 

 

Demi Lovato menjelaskan jika banyak sekali orang awam yang tak mengerti masalah yang dihadapi penderita. Publik mengira jika eating disorder (gangguan makan) atau penyakit sejenisnya merupakan kebiasaan dan sebuah pilihan.

"Ada banyak tanggapan mengenai penyakit bulimia atau anoreksi yang dianggap sebagai sebuah pilihan. Saya banyak mendengar orang mengatakan, `mengapa dia tak makan` atau `berhenti memuntahkan makananmu`. Padahal, itu adalah sebuah penyakit mental yang perlu disembuhkan," ungkap Demi Lovato.

Demi Lovato

Demi Lovato berharap dirinya bisa membantu orang lain dengan pengalaman berharganya. "Saya ingin menggunakan suara saya untuk memberitahukan informasi penting mengenai penyakit yang pernah saya alami. Jadi, suara saya tak hanya digunakan untuk menyanyi saja, tapi juga memberikan pelajaran berharga," Demi Lovato menambahkan.

Perjuangan Demi Lovato membuahkan hasil. Demi Lovato mendapatkan penghargaan dari The Brent Shapiro Foundation atas usahanya itu. Bahkan, Demi Lovato kini menjadi aktivis membantu orang lain yang mengalami masalah serupa

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Keuntungan Berkunjung ke Booth Nippon Paint di HOMEDEC 2017

Posted: 29 Sep 2017 09:18 PM PDT

Tampilan warna cat tembok menjadi penilaian penting karena paling mendominasi sebuah ruangan atau bangunan. Sebab itu, Nippon Paint ingin memberikan pengalaman unik dan terbaik bagi para konsumen dalam memilih cat sesuai kebutuhan.

Untuk kali pertama produsen cat dan pelapis hadir pertama kalinya di ajang pameran Home Decor Exhibition (HOMEDEC) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, sejak 28 September sampai 1 Oktober 2017. Dengan mengusung booth berkonsep Colorful Home Living yang akan memanjakan para konsumen.

"Keikutsertaan Nippon Paint dalam HOMEDEC 2017 karena komitmen untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik dalam hal produk maupun warna. Kami merancangn konsep yang memberikan pengalaman unik pada para konsumen dan pengunjung dalam berinteraksi dengan warna-warna cat yang kami tawarkan," ujar Mark Liew, Assistant General Manager Nippon Paint Indonesia.

Berbagai pengalaman unik dan terbaik diwujudkan dalam beberapa hal, di antaranya;

Kartu Warna

Seluruh koleksi warna Nippon Paint akan dibagikan pada konsumen dalam bentuk Kartu Warna. Karena proses pencetakan menggunakan teknik depositing, akurasinya tepat dan serupa dengan warna asli. Anda bisa mendapatkannya gratis di HOMEDEC 2017.

Inspirasi pengaplikasikan warna dengan produk

Nippon Paint juga akan memberikan inspirasi pengaplikasikan warna dengan produk-produk yang memiliki fungsi spesifik di seluruh sudut rumah. Mulai dari dapur, kamar mandi, ruang makan, ruang tidur, hingga ruang tamu. Semuanya bisa disaksikan langsung oleh para konsumen dan pengunjung di booth Nippon Paint selama pameran HOMEDEC 2017 berlangsung.

Colour Service

Terdiri dari dua layanan yaitu Colour Scheme Service yaitu layanan konsultasi warna untuk ruangan. Serta Personalised Colour, sebuah layanan personalisasi warna cat seperti keinginan konsumen. Kedua konsultasi warna akan diberikan gratis pada pengunjung Nippon Paint Booth di HOMEDEC 2017.

Color Scheme Service

Nippon Paint Colourist akan memberikan pilihan warna ruangan atau bangunan sesuai keinginan konsumen. Anda dapat meminta warna car di luar koleksi Nippon Paint. Selain itu, bagi perusahaan juga dapat menggunakan jasa Personalised Colour yang akan mendapatkan hak eksklusif untuk memiliki formula warna yang tidak dimiliki oleh siapa pun.

Blobby Caravan

Sebuah program yang menghadirkan mobil pamer keliling yang menawarkan pengalaman baru pada masyarakat dalam berinteraksi dengan cat sekaligus memberikan edukasi dan solusi pengecatan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hakim Praperadilan Setya Novanto 4 Kali Dilaporkan ke KY

Posted: 29 Sep 2017 09:17 PM PDT

Hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar tengah menjadi sorotan publik. Dia disebut-sebut membebaskan Ketua DPR RI Setya Novanto dari kasus korupsi e-KTP, melalui praperadilan.

Cepi diduga telah berkali-kali dilaporkan ke Komidi Yudisial (KY). Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari mengatakan, Cepi dilaporkan karena diduga melanggar kode etik kehakiman.

"Sudah empat kali dilaporkan ke Komisi Yudisial," ujar Aidul saat diskusi bertema Golkar Pasca Putusan Praperadilan di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/9/2017).

Aidul membeberkan, laporan pertama terhadap Hakim Cepi pada 2014. Kala itu, Cepi menjadi hakim di Purwakarta. Kemudian, laporan kedua pada 2015, saat dia menjadi hakim di Pengadilan Negeri Depok.

Cepi kembali dilaporkan pada 2016, saat bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dia dua kali dilaporkan ke KY ketika menangani kasus perdata dan praperadilan.

"Semuanya memang dinyatakan tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik," tutur Aidul.

Sasksikan video pilihan berikut ini:

 

 

Praperadilan yang diajukan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, kata Aidil, juga telah dilaporkan ke KY. Hakim Cepi memutuskan bahwa penetapan tersangka pada Setya Novanto oleh KPK tidak sah.

Aidul mengatakan, laporan tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan pengumpulan fakta, serta bukti-bukti untuk proses penyelidikan.

"Kita akan memeriksa. Namun, ketika masih proses kita tidak boleh memberikan opini apapun, karena dikhawatirkan akan mempengaruhi kemandirian hakim," kata dia.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Ketua DPR Setya Novanto, tersangka kasus korupsi e-KTP. Penetapan tersangka terhadap Novanto oleh KPK dinyatakan tidak sah oleh hakim.

Putusan tersebut dibacakan dalam sidang praperadilan yang berlangsung di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat sore, 29 September 2017.

"Mengadili mengabulkan permohonan praperadilan sebagian, menyatakan penetapan status tersangka Setya Novanto adalah tidak sah, memerintahkan pada termohon untuk menghentikan penyidikan terhadap Setya Novanto, membebankan biaya perkara untuk pemohon sebesar nihil," ucap Hakim Tunggal Cepi Iskandar saat membacakan putusannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tandang ke Persiba, Persib Bawa Semangat Positif

Posted: 29 Sep 2017 09:15 PM PDT

Gelandang Persib, Dedi Kusnandar ingin timnya membawa aura positif saat melawan Persiba Balikpapan, Minggu (1/10/2017). Ia percaya semangat positif bisa membuat Tim Maung Bandung meraih tiga angka.

Persib dalam tren kurang baik dalam tiga laga terakhir. Pasalnya, mereka hanya mengoleksi tiga angka meski bermain di kandang sendiri.

Tak heran Persib masih tertahan di posisi ke-10 klasemen Liga 1. Mereka baru mengoleksi 35 poin dari 25 laga.

"Tentu kami harus optimistis melawan Persiba. Mudah-mudahan hasilnya positif," ujar Dedi Kusnandar seperti dilansir laman resmi Persib.

"Persiba akan bermain di stadion baru, bagi Persib ini juga pertamakalinya. Pasti mereka punya motivasi lebih," ujarnya menambahkan.

Persiba sendiri saat ini berada di posisi ke-17 klasemen. Tim Beruang Madu mengoleksi 19 poin dari 26 laga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Trik Bikin Rapi Isi Laci

Posted: 29 Sep 2017 09:09 PM PDT

Isi laci yang umumnya berisi barang perintilan kecil seringkali membuat kepala pusing. Baru saja dibereskan tak lama kemudian akan kembali berantakan lagi sehingga mempersulit Anda ketika ingin mencari sebuah benda.

(Baca juga: Ini Caranya Agar Rumah Selalu Rapi)

Namun jangan menyerah dulu. Ada trik mudah yang bisa dicoba untuk membuat isi laci selalu tertata rapi dan teratur. Mulai saja dengan membaginya ke dalam beberapa kelompok, sampai dengan membuat prioritas bagian mana yang paling sering diambil dan tidak.

Untuk itu simak empat trik cerdas dari Rumah.com untuk membuat isi laci Anda tetap rapi berikut ini!

1. Punya lebih dari satu laci untuk menyimpan benda kecil

Sebuah laci untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil tentunya kurang memadai. Ya,  semua benda kecil mungkin muat disimpan di dalam sebuah laci, namun apabila terlalu penuh akan menyulitkan Anda ketika akan mencari.

Benda kecil juga sangat mudah terselip meskipun sudah diberi sekat sesuai kelompoknya masing-masing. Jadi sebaiknya isi laci dengan setengah kapasitasnya supaya lebih mudah menelaah benda yang ada di dalamnya.

2. Pisahkan sesuai kelompok

Untuk membuatnya terlihat rapi dan terorganisir, mulai bagi setiap benda ke dalam kategori yang sesuai dengan fungsi atau ukurannya. Nah, jika sudah dibagi maka Anda akan lebih mudah mencari suatu benda di tempatnya berada. Sebagai contoh:

  • Laci berisi peralatan perkakas rumah
  • Laci berisi peralatan kantor
  • Laci berisi bahan kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

3. Mengetahui dua langkah mudah

Ada beberapa cara untuk membagi benda yang Anda miliki, namun dua cara berikut ini terbilang paling mudah dan efektif.

  • Bagi sesuai dengan kemiripan. Misalnya menata peralatan dapur ke dalam dua laci: "Bagian menyendok" seperti sendok, centong dan spatula. Kemudian bagian "pemotong" seperti pisau, pengupas kulit dan lain sebagainya.

Meskipun aneh, namun hal ini efektif membuat otak Anda lebih cepat mencari barang yang dibutuhkan, bahkan untuk orang lain atau tamu yang pertamakali berkunjung.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah bergaya minimalis dengan harga di atas Rp1 miliar)

Ada banyak kelompok benda kecil lain yang bisa dibagi sesuai fungsi dan kemiripannya. Misalnya perkakas, kertas dan barang elektronik/kabel

  • Selesaikan tugas. Cara kedua untuk membagi adalah dengan meletakkan benda yang punya fungsi saling melengkapi dari awal hingga akhir. Misalnya pada salah satu laci di rumah, letakkan satu kotak amplop, perangko, pulpen, buku catatan kecil dan buku alamat.

Anda mungkin juga butuh sebuah laci dekat pintu keluar yang berisi kunci-kunci, dompet, kaca mata, topi, jaket, dan payung sebelum dibawa pergi keluar rumah.

4. Memberi label pada setiap bagian

Sangat penting untuk memberi label untuk setiap sekat yang ditempel di depan laci. Dengan demikian Anda bisa tahu apa isi di dalamnya tanpa harus membuka satu persatu.

Terakhir, harus diingat bahwa tidak semua benda bisa diletakkan di dalam laci. Untuk benda berukuran tipis dan datar seperti kertas sebaiknya diletakkan di dalam kerdus vertikal atau binder file yang diberi label.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PVMBG Naikkan Status Gunung Soputan Jadi Waspada

Posted: 29 Sep 2017 09:05 PM PDT

Pusat Vukanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui pos pemantauan gunung berapi mengeluarkan status terbaru Gunung Soputan yang terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Aktivitas gunung setingi 1.809 mdpl itu masuk level II atau Waspada.

"Tingkat Aktivitas Gunung Soputan Level II atau Waspada. Dengan visualisasi asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 25-50 m di atas kawah puncak," ungkap petugas pemantau Gunung Soputan, Sandy Levran Manengkey, Sabtu (30/09/2017) pagi.

Sandy mengatakan, terkait kondisi itu, pihaknya mengeluarkan sejumlah rekomendasi pada masyarakat sekitar agar tidak beraktivitas di dalam radius 1,5 km dari puncak Gunung Soputan.

"Dalam wilayah sektor arah barat-barat daya sejauh 2,5 km yang merupakan daerah bukaan kawah, guna menghindari ancaman leleran lava dan awan panas guguran," ungkap Sandy.

Dia menambahkan, warga sekitar juga diminta untuk mewaspadai terjadinya ancaman aliran lahar, terutama pada sungai-sungai yang berhulu di sekitar lereng Gunung Soputan, seperti Sungai Ranowangko, Sungai Lawian,  Sungai Popang, dan Londola Kelewahu.

"Selanjutnya jika terjadi hujan abu, masyarakat dianjurkan menggunakan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi terhadap gangguan saluran pernapasan," papar Sandy.

Kondisi di sekitar Gunung Soputan hingga periode pemantauan Sabtu pagi, cukup dinamis dari cuaca cerah, berawan, mendung, hingga hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara. Suhu udara 21-30 derajat Celsius. Volume curah hujan 45 mm per hari.

Saksikan video pilihan berikut ini!

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Katalan Merdeka, Pique Tetap Bangga Bela Timnas Spanyol

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Kendati mendukung kemerdekaan Katalan, Bek Barcelona, Gerard Pique ternyata tetap bangga membela tim nasional Spanyol. Pique juga menegaskan tak ada masalah antara timnas Spanyol dengan dirinya.

"Saya selalu mengatakan bermain bagi tim nasional adalah sebuah kebanggaan dan moviasi yang hebat. Fakta kalau pelatih memanggil saya lagi menunjukkan saya bermain dengan bagus," ujar Pique seperti dilansir Marca.

Seperti diketahui, Pique beberapa waktu lalu berkicau soal referendum yang mendukung kemerdekaan Katalan dari Spanyol. Kicauan ini lalu mendapat reaksi dari kapten Real Madrid, Sergio Ramos.

Barcelona dan Real Madrid memang seolah mewakili kedua kubu, pihak Katalan dan Spanyol. Barcelona adalah ibukota provinsi Katalan, sementara Madrid dianggap mewakili Kerajaan Spanyol.

Ramos menilai kicauan Pique bisa menimbulkan reaksi negatif dari suporter timnas Spanyol. Sebelumnya, Pique memang kerap mendapat cemoohan dari suporter timnas Spanyol karena kerap mendukung kemerdekaan Katalan.

Selain Pique, sebetulnya ada pemain berdarah katalan lain yang juga membela timnas Spanyol seperti Andres Iniesta. Namun dibanding Iniesta, Pique lebih vokal perihal kemerdekaan Katalan, kendati ia termasuk langganan masuk timnas.

"Saya sangat senang bisa kembali dan jika kami bisa memenangkan pertandingan, kami akan lolos dan sekali lagi berada di Piala Dunia," ujar Pique terkait peluang timnas Spanyol di Kualifikasi Piala Dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Teknologi Super Canggih, Ilustrator Disney Modern

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ada 5 teknologi super canggih yang bisa dimiliki Indonesia. Apalagi mengingat tingginya jumlah pengguna teknologi di Indonesia.

Artikel mengenai kelima teknologi super canggih ini menjadi paling bikin penasaran untuk dibaca. Selain itu, seorang ilustrator memadukan konsep karakter Disney dengan gaya modern. Gambar yang dihasilkan pun tampak sangat menawan.

Sementara aksi seorang pria Pekalongan berbakti kepada gurunya benar-benar mencuri perhatian dan sangat mengharukan. Dia memberangkatkan 65 guruna saat SMA ke Singapura dan Malaysia untuk piknik. Aksinya yang sungguh inspiratif ini tak berhenti di situ saja.

Berikut Top 3 Citizen6 selengkapnya:

1. Super Canggih, 5 Teknologi Masa Depan Ini Bisa Dimiliki Indonesia

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih. Contoh ponsel yang dahulu hanya bisa digunakan untuk telepon dan pesan singkat, kini bisa melakukan banyak hal dan berubah nama menjadi smartphone.

Enggak hanya barang di sekitar kita yang jadi semakin canggih, seharusnya negara kita Indonesia juga. Apalagi mengingat tingginya jumlah pengguna teknologi di Indonesia, harusnya Indonesia bisa memiliki teknologi canggih ini. Ada ATM sampah, kereta super cepat, dan 3 teknologi lainnya.

Selengkapnya...

2. Ilustrator Ciptakan Disney Versi Modern, Hasilnya Bikin Takjub

Belakangan ini banyak sekali beredar foto-foto yang dibuat dengan tema Disney yang dipadukan dengan konsep serta gaya yang modern. Meski banyak yang mencoba membuat ilustrasinya, namun penafsiran oleh seniman digital satu ini sangat mengagumkan.

Dia belakangan ini telah menggambar beberapa ilustrasi dengan konsep karakter Disney yang dipadukan dengan gaya yang modern. Hasilnya pun menakjubkan.

Selengkapnya...

3. Tak Cuma Ajak Guru Piknik, Ini Aksi Lain Si Pria Pekalongan

Berbakti pada guru menjadi sikap yang seharusnya dimiliki setiap siswa. Seperti aksi teladan seorang pria Pekalongan bernama Fredy Chandra. Alumnus SMAN 1 Pekalongan tahun 1993 itu, mengajak 65 guru SMA-nya piknik ke Singapura dan Malaysia.

Para guru itu diajak berwisata selama lima hari ke berbagai tempat wisata kelas satu. Misalnya Istana Negara, Menara Petronas, Genting, dan Johor di Malaysia dan beberapa destinasi menarik di Singapura.Fredy Chandra juga melakukan aksi lain yang sungguh inspiratif. Apa saja aksi lainnya?

Selengkapnya...

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

God Bless Gabungkan Musik Etnik dan Rock di Konser Dream Theater

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

God Bless menggabungkan musik gamelan dengan rock dalam konser Dream Theater di Stadion Kridosono, Jumat (29/9/2017) malam. Salah satu legenda musik Indonesia itu membuktikan janjinya menghadirkan atmosfer etnik saat membawakan lagu berjudul "Laskar" dan "Lidah Petaka".

God Bless tampil selama satu jam, tepat sebelum Dream Theater tampil. Band yang digawangi Ian Antono, Ahmad Albar, Abadi Soesman, dan Donny Fattah itu membawakan 12 lagu yang tidak asing di telinga penggemarnya, seperti "Blablabla", "Kehidupan", "Cermin", "Bus Kota", "Syair Kehidupan", "Rumah Kita", dll.

Penampilan God Bless (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Kami senang bisa bermain dalam satu acara dengan Dream Theater yang merupakan profesor-profesor musik," ujar Iyek, sapaan akrab Ahmad Albar.

Dalam lagu "Syair Kehidupan" dan "Panggung Sandiwara", Ian Antono memainkan gitar akustiknya. Suasana syahdu membuat penonton terpancing untuk ikut bernyanyi lagu yang sangat familiar sepanjang masa.

Lagu Musisi menghentak penonton seiring dengan betotan bass Donny Fattah. Saat unjuk gigi, Donny menyapa penonton. "Gilaaaa... Jogja Gilaaaa..," ujar Donny Fatah.

Penampilan God Bless ditutup dengan lagu legendaris berjudul "Semut Hitam" yang membuat penonton ikut berjingkrak.

Penampil God Bless (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang Indonesia Lebih Terpikat dengan iPhone 6 Ketimbang iPhone X

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ada temuan menarik dari konsumen Indonesia usai peluncuran trio terbaru iPhone: iPhone 8, 8 Plus, dan iPhone X.

Menurut data yang disampaikan lembaga riset iPrice Group, konsumen di Indonesia ternyata masih terpikat dengan iPhone jadul (jaman dulu) ketimbang iPhone terbaru, khususnya iPhone X.

Lebih tepatnya, iPhone jadul yang dimaksud adalah iPhone 6. Wajar saja dibilang jadul, iPhone 6 sendiri dirilis kurang lebih tiga tahun lalu, tepatnya pada kuartal ketiga 2014.

Lantas, mengapa orang Indonesia lebih tertarik dengan iPhone jadul ketimbang iPhone X? iPrice mengungkap, harga iPhone X yang terlampau tinggi menjadi pemicu mengapa orang Indonesia enggan membeli iPhone X. Di Amerika Serikat (AS), iPhone X dibanderol seharga US$ 999 atau setara dengan Rp 13 jutaan.

Sementara di Indonesia, meski belum dijual resmi, harga iPhone X bisa membumbung tinggi hingga Rp 20 jutaan. Di Singapura--negara di mana iPhone X telah dijual resmi--dibanderol seharga 1.648 SGD atau Rp 16,2 juta.

Menariknya, enam dari sepuluh provinsi dengan UMP tertinggi di 2017 justru lebih tertarik mencari informasi iPhone 6 dibanding iPhone X.

Beberapa provinsi tersebut adalah DKI Jakarta (Rp 3.355.750), Sulawesi Utara (Rp 2.598.000), Aceh (2.500.000), Sulawesi Selatan (2.500.000), Sumatera Selatan (Rp 2.388.000), dan Kepulauan Riau (Rp 2.358.454).

Lantas, harga iPhone X ternyata tetap populer di beberapa provinsi dengan UMP yang lebih rendah. Di antaranya seperti Gorontalo (Rp 2.030.000) dan Kalimantan Timur (Rp 2.354.800).

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek laporan iPrice soal tren harga iPhone dan minat konsumen Indonesia di tautan berikut.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korut: 4,7 Juta Rakyat Mendaftar Jadi Tentara demi Lawan AS

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Koran milik pemerintah Korea Utara menulis laporan pada Kamis, 28 September yang mengatakan sekitar 4,7 juta siswa dan pekerja sukarela mendaftar untuk jadi tentara negara itu.

Dengan demikian, bertambahnya pasukan berarti makin menambah jumlah tentara Korea Utara yang di dunia dianggap cukup besar untuk negara sekecil itu.

Dilansir dari Washington Post, Sabtu (30/9/2017), sangat sulit bagi analis luar untuk mengukur keakuratan laporan koran Rodong Sinmum. Media pemerintah Korea Utara telah mengeluarkan klaim serupa pada saat-saat ketegangan.

Awal musim panas ini, misalnya, koran itu mengklaim bahwa 3,5 juta warga telah mendaftar untuk jadi tentara setelah PBB memberlakukan sanksi baru terhadap Pyongyang.

Sebagian besar perkiraan menunjukkan bahwa Korea Utara memiliki jumlah personil angkatan bersenjata yang luar biasa besar dengan populasi Korut yang berjumlah 25 juta orang.

Departemen Luar Negeri AS memperkirakan bahwa Korea Utara memiliki lebih dari 1,18 juta personel angkatan bersenjata pada 2014, menjadikannya tentara terbesar keempat di dunia setelah China (2,37 juta), India (1,41 juta) dan Amerika Serikat (1,43 juta).

Sebagai perbandingan, militer Irak pada 2003 hanya memiliki 445 ribu tentara untuk populasi 26 juta.

Tentara berjumlah masif didesain oleh Konstitusi Korea Utara secara eksplisit menyatakan bahwa "pertahanan nasional adalah tugas tertinggi dan kehormatan warganya", dan warga negara diwajibkan untuk melayani angkatan bersenjata oleh undang-undang.

Sebuah laporan Kongres pada 2015 dari Departemen Pertahanan AS memperkirakan bahwa 4-5 persen warga Korea Utara bertugas militer aktif di Tentara Rakyat Korea (KPA), sementara 25-30 persen lainnya ditugaskan ke unit cadangan atau paramiliter dan akan tunduk pada mobilisasi perang.

Efektivitas kekuatan semacam itu tidak sepenuhnya jelas. Namun, seorang tentara Amerika yang bertempur dalam Perang Korea hampir tujuh dekade yang lalu menunjukkan bahwa tentara Korea Utara sangat luar biasa dalam penghindaran dan bertekad untuk menang.

Meski demikian, laporan Pentagon menyatakan peralatan militer utama KPA makin menua karena berdasarkan pada teknolongi 1950-an dari Uni Soviet atau China.

Seorang pembuat film Jepang yang mengelola jaringan citizen jurnalism di Korea Utara mengklaim bulan lalu bahwa karena kekurangan makanan kronis di negara tersebut, sebagian besar tentara terlalu lemah untuk berperang.

"Kontak saya mengatakan saat ada pembicaraan perang dengan AS, banyak tentara Korea Utara berada dalam kondisi fisik yang buruk dan tidak fit untuk perang," kata Jiro Ishimaru kepada surat kabar Guardian pada bulan Agustus.

Namun, para ahli mengatakan bahwa tentara yang dikerahkan ke depan masih akan menimbulkan ancaman bagi Korea Selatan dan sekutunya AS dalam sebuah perang.

Dalam konflik apapun, pasukan operasi khusus Korea Utara yang terlatih dengan baik - yang diperkirakan berjumlah sekurangnya 180 ribu personel militer - secara luas diperkirakan akan digunakan untuk menyerang fasilitas utama di Korea Selatan jika perang pecah.

Seiring dengan program rudal yang melaju cepat di negara ini, senjata nuklir dan biologisnya, dan sejumlah besar artileri yang ditujukannya ke ibu kota Korea Selatan, tentara Pyongyang yang berjumlah besar masih merupakan alasan lain mengapa analis ragu untuk merekomendasikan tindakan militer AS terhadap Korea Utara, terlepas dari ancaman berulang pemimpinnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Jaga Lingkungan dan Keasrian Lewat Pertanian Kota

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Warga memberi perawatan pada tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Pertanian kota ini dilakukan guna menambah keasrian lingkungan dan juga hasil pertanian juga dapat memenuhi kebutuhan warga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga memberi perawatan pada tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Pertanian kota ini dilakukan guna menambah keasrian lingkungan dan juga hasil pertanian juga dapat memenuhi kebutuhan warga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menyirami tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menargetkan 16 urban farming atau pertanian kota tersebar di seluruh kecamatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menyirami tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menargetkan 16 urban farming atau pertanian kota tersebar di seluruh kecamatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menyirami tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Pertanian kota ini dilakukan guna menambah keasrian lingkungan dan juga hasil pertanian juga dapat memenuhi kebutuhan warga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menyirami tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Pertanian kota ini dilakukan guna menambah keasrian lingkungan dan juga hasil pertanian juga dapat memenuhi kebutuhan warga. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menyirami tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menargetkan 16 urban farming atau pertanian kota tersebar di seluruh kecamatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Warga menyirami tanamannya di Cikini, Jakarta, Jumat (29/9). Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat menargetkan 16 urban farming atau pertanian kota tersebar di seluruh kecamatan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasdem Usung Komandan Brimob Polri di Pilkada Maluku

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

DPP Partai Nasdem memastikan mendukung Komandan Korps Brimob Polri Irjen Murad Ismail sebagai calon Gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku 2018 mendatang.

Sekretaris Bapilu DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, keputusan itu diambil setelah Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, yang didampingi oleh Tim Tujuh Bapilu Nasdem, bertemu Murad Ismail di kantor DPP Nasdem pada Kamis 28 September 2017.

Willy mengatakan, keputusan mengusung Komandan Korps Brimob Polri itu telah melalui proses di tim Bapilu DPP dan DPW Partai Nasdem.

"Nasdem melihat rekam jejak Murad Ismail yang bisa diterima oleh semua kelompok masyarakat Maluku. Lalu elektabilitas Murad Ismail yang terus menanjak," kata Willy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Willy menambahkan, pertemuan Surya Paloh dan Murad Ismail merupakan proses final sebelum mengeluarkan rekomendasi pilkada.

Dengan dikeluarkannya rekomendasi ini, sambung Willy, maka Murad Ismail tinggal melakukan komunikasi dengan partai lain untuk mencukupi jumlah kursi sebagai syarat pendaftaran ke KPUD. Di DPRD Provinsi Maluku, Nasdem memiliki 4 kursi.

"Murad Ismail diharapkan terpilih dan mampu menjadi gubernur bagi seluruh masyarakat Maluku yang sangat beragam. Pak Surya Paloh juga menyampaikan, Maluku yang kaya akan sejarah dan pernah bergolak diawal reformasi, harus dijaga kondusifitasnya," terang Willy Aditya.

 

Murad Ismail merupakan putra kelahiran Malaku yang sekarang menjabat sebagai Komandan Korps Brimob Polri dengan pangkat Irjen.

Pada 2013 sampai 2015, Perwira Tinggi bintang dua itu pernah menjabat sebagai Kapolda Maluku.

Selama menjabat Kapolda Maluku, Murad Ismail dikenal baik oleh semua kelompok masyarakat, baik Muslim ataupun Nasrani.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komunitas Penderita Hepatitis Sesali Adanya Diskriminasi Kerja

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Komunitas Penderita Hepatitis (KPH) menyesali masih adanya stigma negatif bagi penderita hepatitis dari segi sosial, terutama di bidang pekerjaan. Penderita hepatitis sering sulit mendapat pekerjaan karena adanya syarat skrining tes hepatitis dalam penerimaan pegawai.

"Hepatitis sering kali dipandang negatif dan dianggap sebagai aib, bahkan sering dikucilkan karena dianggap sebagai sumber penularan penyakit. Penderita hepatitis juga mengalami diskriminasi dalam penerimaan kerja," ucap perwakilan Komunitas Peduli Hepatitis Marzuarita dalam acara diskusi mengenai hepatitis, Jumat (29/9/2017) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Padahal, Kementerian Ketenagakerjaan pernah mengeluarkan surat edaran No SE.07/BW/1997 mengenai Pengujian Hepatitis B Dalam Pemeriksaan Kesehatan Tenaga Kerja yang berisi mengenai anjuran kepada semua perusahaan untuk tidak melakukan pengujian serum HbsAg sebagai alat seleksi pada pemeriksaan awal maupun berkala.

"Perkantoran seharusnya tidak perlu melakukan pemeriksaan hepatitis untuk menyeleksi pegawai. Jika ada penderita hepatitis, selama kinerjanya tidak bermasalah seharusnya diberi kesempatan," ucap Dr. Kasyunil Kamal, SpOK saat ditemui di acara tersebut. Justru, dia mengimbau perusahaan untuk mewadahi pekerjanya dari segi informasi, edukasi dan kesehatan.

"Sekarang BPJS sudah ada, itu hak pekerja. Seharusnya pekerja mendapatkan informasi dan edukasi mengenai pencegahan penyakit dan penanganan penyakit, misalnya pada hepatitis," ia melanjutkan.

Dia mengatakan, pemeriksaan hepatitis untuk penerimaan pegawai layaknya dilaksanakan untuk jenis pekerjaan tertentu saja, misalnya pekerja medis dan pekerja industri pangan.

"Pekerja medis dan pangan memang perlu terhindar dari hepatitis, tapi kalau kantoran atau yang lainnya seharusnya tidak perlu," ucapnya.

 

Saksikan video menarik berikut:

 

Ketua Komisi Hepatitis Kementerian Kesehatan DR. dr. Rino Alvani Gani SpPD-KGEH menilai stigma negatif terhadap penderita hepatitis harus dihilangkan.

"Stigma negatif bagi penderita hepatitis sangat tidak adil apabila tidak memberi kesempatan pada orang tersebut," ucap dr Rino.

Dia juga menjelaskan, penderita hepatitis masih bisa bekerja optimal. Untuk itu mereka berhak mendapatkan pekerjaan layaknya orang biasa, kecuali jika kondisi mereka terus memburuk.

"Performance mereka akan menurun hanya kalau peradangan terus berjalan, selama belum ada peradangan mereka bisa bekerja," lanjutnya.

Dia berharap, hal-hal yang bersifat diskriminatif dapat dihapuskan agar penderita hepatitis bisa bekerja.

"Hal-hal yang bersifat diskriminatif seharusnya tidak perlu dilakukan, maka diperlukan adanya undang-undang yang kuat agar penderita hepatitis bisa mendapat kesempatan bekerja," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiat Pakai Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Bagi sebagian wanita, eyeliner adalah segalanya. Meski tanpa memakai makeup lainnya, mata menjadi lebih terdefinisi dengan eyeliner sehingga memberikan kesan berbeda pada wajah.

Tak heran, eyeliner menjadi salah satu makeup wajib saat akan menggunakan makeup. Agar hasilnya semakin baik, aplikasi eyeliner pun perlu disesuaikan dengan bentuk mata.

Mata yang kecil akan terlihat lebih besar dengan eyeliner. Sebaliknya, eyeliner juga dapat mengoreksi mata yang terlalu bulat menjadi lebih runcing, misalnya. Berikut penjabarannya, seperti melansir dari berbagai sumber, Sabtu (30/9/2017).

1. Mata bulat

Lukis eyeliner pada garis mata secara tipis kemudian tarik mendatar. Di bagian ujung, buat sedikit naik dan meruncing melebihi sudut luarnya.

2. Mata cekung

Lukis eyeliner secara tipis dan tepat di garis mata. Ini akan memberikan kesan mata yang lebih cembung.

3. Mata cembung

Lukis eyeliner dengan ketebalan sedang meruncing dan memanjang ke sudut mata luar. Eyeliner atas dan bawah usahakan tidak bertemu.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

4. Mata turun

Lukis eyeliner dengan membuat garis mata meruncing ke atas tidak mengikuti sudut mata yang turun. Sudut dalam tipis dan melebar ke ujung luar. Eyeliner atas dan bawah tidak bertemu.

5. Mata sipit

Pastikan eyeliner dibuat membulat dan lebar bertemu dengan eyeliner sudut mata bawah. Eyeliner bawah dilukis di bawah bulu mata. Sapukan warna putih di bagian dalamnya.

6. Mata sipit tidak berkelopak mata

Terapkan double eyeliner. Lukis melengkung dari sudut luar ke dalam mengikuti bentuk mata. Eyeliner bawah tarik mendatar, bagian dalam sapukan warna putih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bikin Heboh, Ini Penampakan Jam Tangan Mewah Syahrini

Posted: 29 Sep 2017 09:00 PM PDT

Syahrini dan barang-barang mewah dengan harga selangit merupakan dua hal yang seakan tak bisa dipisahkan. Harga pakaian, aksesoris remeh-temeh, hingga kendaraan yang digunakan sang penyanyi seringkali membuat publik terbelalak.

Salah satunya adalah sebuah jam tangan yang terlihat melingkar di pergelangan tangan Syahrini. Tak main-main, jam tangan bermerek Rolex itu memiliki kisaran harga dari Rp 10 miliar hingga Rp 20 miliar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Perkembangan Penambahan Pembangkit Listrik oleh PLN

Posted: 29 Sep 2017 08:53 PM PDT

PT PLN (Persero) terus berupaya meningkatkan pemerataan listrik di Indonesia. Langkah yang dilakukan dengan menambah pembangkit listrik, transmisi listrik dan gardu induk.

Mengutip data PLN, berikut realisasi penambahan pembangkit listrik, transmisi dan gardu induk yang ditulis Sabtu (30/9/2017):

PLN mencatat kapasitas pembangkit mencapai 1.393 MW sepanjang 2017. Pembangkit tersebut yang sudah commercial operation date (COD) atau meraih sertifikat laik operasi (SLO).

Target penambahan kapasitas pembangkit dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan (RAKP) 2017 mencapai 2.120 MW. Jadi masih ada kapasitas pembangkit yang dipenuhi 727 MW hingga akhir 2017. Sebelumnya kapasitas pembangkit yang sudah COD dan SLO mencapai 3.714 pada 2016.

Selain itu, PLN mencatat realisasi transmisi jaringan listrik mencapai 1.785 Kms sepanjang 2017. Target transmisi listrik dalam RKAP 2017 sebesar 8.485 Kms. Pada 2016, jaringan transmisi listrik tercatat 2.858 Kms. PLN mencatat total kemajuan transmisi di Indonesia mencapai 46.831 Kms.

PLN juga mencatat penambahan gardu induk. Sepanjang 2017, sudah ada penambahan gardu induk berkapasitas 6.820 MVA dari target RKAP sebesar 13.180 MVA. Sebelumnya gardu induk mencatatkan kapasitas 14.123 MVA pada 2016. Di Indonesia, kemajuan gardu induk mencapai kapasitas 109.199 MVA.

PLN menargetkan penambahan pembangkit mencapai 77.9 GW, transmisi 67.627 Kms, dan gardu induk mencapai 165.231 MVA di Indonesia pada 2017-2026.

Pada 2017-2026, PLN akan menambah kapasitas 77,9 GW yang berasal dari PLTU sebesar 31,9 GW, PLTGU sebesar 18,8 GW, PLTG/MG sebesar 5,6 GW, PLTA sebesar 14,1 GW, PLTP sebesar 14,1 GW, PLTP sebesar 6,3 GW, dan PLT lain 1,2 GW.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Selfie dengan Mourinho, Wanita Ini Malah Diusir dari Hotel

Posted: 29 Sep 2017 08:45 PM PDT

Malang benar nasib gadis gadis asal Rusia, Leisan Halilova. Alih-alih ingin berfoto dengan Jose Mourinho, dia justru diusir dari hotel tempat menginap.

Hal tersebut terjadi pada Rabu (28/9/2017). Halilova kala itu menginap di Radisson Hotel, Moskow.

Dia sengaja berada di sana untuk ikut menyaksikan duel Liga Champions antara CSKA Moskow melawan Manchester United. Kebetulan di tempat yang sama skuat MU juga menginap.

Oleh sebab itu, Halilova mencoba mencuri kesempatan untuk bertemu sosok yang begitu dikagumi sejak lama, yakni sang manajer Jose Mourinho. Peluang bertatap muka dengan Mourinho pun datang.

Halilova bertemu pelatih asal Portugal tersebut di lobi. Dan dia tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk berselfie.

Sayangnya mood Mourinho sedang tidak bagus. Sebisa mungkin The Special One menghindar, sedangkan Halilova terus memaksa untuk berfoto.

Merasa terganggu Mourinho langsung kembali ke kamarnya. Dia membatalkan rencana mencari udara segar di sekitar hotel.

Sementara Halilova pun harus berurusan dengan pihak keamanan hotel. Dia bahkan sampai diusir untuk tidak menganggu kenyamanan Mourinho.

"Jujur, saya bukan tipe wanita yang senang mengejar laki-laki. Namun hari ini mereka bilang saya gila dan dianggap mengganggu orang lain," kata Halilova seperti dilansir The Sun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil di The Voice, Penyanyi Indonesia Bikin Adam Levine Terpana

Posted: 29 Sep 2017 08:40 PM PDT

Bakat-bakat Indonesia ternyata bisa bersaing di panggung internasional. Salah satunya, ilusionis Demian yang sempat membuat juri berdecak kagum lewat aksinya di America's Got Talent. Kini, juri The Voice, Adam Levine dan Blake Shelton juga terkagum-kagum oleh penyanyi asal Indonesia, Maharasyi Hansa, diwartakan The Huffington Post, Jumat (29/9/2017).

Maharasyi Hansa berhasil memukau di panggung The Voice di Amerika Serikat. Di acara itu, Maharasyi Hansa membawakan lagu "Tell Me Something Good" yang dibawakan Chaka Khan dan Rufus.

Maharasyi Hansa (Instagram)

Pilihan lagu yang sulit membuat Maharasyi Hansa berhasil lolos ke babak selanjutnya di The Voice. Dua juri The Voice, Miley Cyrus dan Jennifer Hudson, memencet tombol dan memutar kursi.

Bagi Jennifer Hudson, Maharasyi Hansa memiliki vokal yang bagus, tapi tak bisa menyanyikannya dengan sangat baik. Jennifer Hudson berpendapat, Maharasyi Hansa gugup hingga tak bisa tampil total.

"Pilihan lagunya memang sangat bagus. Suaranya juga indah dan mampu menyamai vokal penyanyi asli. Sayangnya, dia tak bisa tampil terbaik," sebut Jennifer Hudson.

	Maharasyi Hansa, penyanyi Indonesia yang memukau di The Voice US (Instagram)

Namun Adam Levine yang berpendapart Maharasyi Hansa mampu membuat dirinya terpukau. Adam Levine mengatakan, Maharasyi Hansa berani dalam memilih lagu dengan vokal yang sulit, diwartakan NBC.

"Lagu ini sebenarnya sulit dinyanyikan. Tapi, aku kagum kau berani menyanyikannya. Hasilnya, memang cukup baik," sebut Adam Levine.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Gubernur Djarot Kepincut Program Homestay Banyuwangi

Posted: 29 Sep 2017 08:35 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kepincut dengan program pengembangan homestay yang dikelola oleh masyarakat Banyuwangi.

Dia menilai program tersebut merupakan terobosan bagus, karena masyarakat menjadikan rumahnya untuk rumah hunian bagi para wisatawan.

"Banyuwangi ini terbilang berhasil mengembangkan pariwisatanya. Ini yang ingin coba saya pelajari," kata Djarot saat menyaksikan secara langsung pengembangan pariwisata di Banyuwangi, Sabtu (30/9/2017).

"Homestay ini saya kira program yang menarik. Wisatawan bisa menginap, bisa berinteraksi dengan warga langsung, paginya bisa diajak ke sawah, ini sesuatu yang eksotik," lanjut Djarot yang didampingi Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono

Djarot mengaku tertarik untuk mengembangkan program serupa di Kepulauan Seribu.

"Akan coba kita kembangkan di Kepulauan Seribu. Potensi wisata di sana bisa dikembangkan dengan melibatkan masyarakat," ucap dia.

Dalam kesempatan itu, Djarot dan Sumarsono juga meninjau langsung Lounge Pelayanan Publik Banyuwangi. Di ruang etalase pelayanan publik milik pemkab Banyuwangi itu, Sumarsono mengapresiasi peningkatan mutu pelayanan Pemda Banyuwangi.

"Selama sepuluh tahun terakhir, perkembangan pelayanan publik di Banyuwangi pesat. Banyuwangi salah satu daerah yang menjadi binaan kami (Ditjen Otda) yang cepat responsnya," ujar Suamrsono.

Setelah dari lounge pelayanan publik Pemda Banyuwangi, rombongan dijamu makan malam di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. Usai dari pendopo, Djarot bersama Soni mendaki Gunung Ijen yang terkenal dengan fenomena blue fire-nya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hazard Diminta Seegois Messi dan Ronaldo

Posted: 29 Sep 2017 08:30 PM PDT

Manajer Chelsea, Antonio Conte, punya permintaan khusus pada Eden Hazard. Dia ingin pemain asal Belgia itu lebih egois seperti Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Hazard kembali ke performa terbaiknya usai menjalani operasi pergelangan kaki. Dia menjadi pemain penting saat Chelsea menang di kandang Atletico Madrid tengah pekan ini.

Namun Conte menilai kemampuan Hazard masih bisa ditingkatkan lagi. Terlebih jika Hazard ingin meraih gelar pemain terbaik dunia.

"Jika Hazard telah mencetak satu gol, dia puas dan memberikan assist bagi pemain lain. Padahal jika Ronaldo telah mencetak satu gol, maka dia ingin mencetak dua, tiga, hingga empat gol, demikian juga Messi," kata Conte seperti dilansir Evening Standard.

"Hazard tentu saja pemain yang top. Tugas saya adalah memaksanya untuk bisa menjadi pemain penentu dalam setiap pertandingan," ia menambahkan.

Hazard membela Chelsea sejak 2012. Sejauh ini, ia sudah menyumbang empat gelar.

"Saya selalu bilang padanya, jika kamu diberi talenta oleh Tuhan, maka tugasmu adalah mengeksploitasinya," kata Conte yang menangani Chelsea sejak tahun lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Puaskan Penggemar, Dream Theater Goncang Panggung JogjaRockarta

Posted: 29 Sep 2017 08:30 PM PDT

Pemain drum band Dream Theater, Mike Mangini menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemain drum band Dream Theater, Mike Mangini menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ekspresi gitaris Dream Theater, John Petrucci saat menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ekspresi gitaris Dream Theater, John Petrucci saat menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemain Keyboard Band beraliran metal progresif Dream Theater, Jordan Rudess menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemain Keyboard Band beraliran metal progresif Dream Theater, Jordan Rudess menunjukkan aksinya dalam JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Band beraliran metal progresif Dream Theater menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Band beraliran metal progresif Dream Theater menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aksi panggung vokalis Dream Theater, James LaBrie saat menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Aksi panggung vokalis Dream Theater, James LaBrie saat menghibur penonton di JogjaRockarta International Music Festival 2017 di Stadion Kridosono, Yogyakarta, Jumat (29/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Heboh, Kura-kura Ini Menikah di Kota Manchester

Posted: 29 Sep 2017 08:30 PM PDT

Sepasang kura-kura menikah di kota Manchester. Pernikahan mereka ikut disaksikan oleh para pengunjung sebuah aquarium raksasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Hubungannya dengan Ihsan Tarore, Denada: Ini Pakai Hati

Posted: 29 Sep 2017 08:30 PM PDT

Denada sempat menjalani hubungan cinta dengan Ihsan Tarore selama beberapa bulan. Namun, kedekatan tersebut justru dianggap hanya rekayasa alias settingan belaka.

Bukan tanpa alasan, kedekatan Denada dan Ihsan Tarore dimulai dalam sebuah acara televisi. Keduanya pun berpisah tak lama setelah perilisan album Romantic Journey. Banyak yang menduga mereka bersatu dalam ikatan kontrak mesra.

Menanggapi hal tersebut, Denada mengaku keheranan. Pasalnya, ibu satu anak itu benar-benar menjalani hubungan dengan Ihsan Tarore dengan sungguh-sungguh, selayaknya pasangan pada umumnya.

"Ini beneran, ini pakai hati. Orang banyak yang bilang, itu semua bohong, and i don't know why you don't believe that. Please guys, believe it," ujar Denada dalam acara Dear Haters Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Denada dan Ihsan Tarore (Liputan6.com/Herman Zakahria)

Denada tak memungkiri bahwa kini memang banyak artis yang melakukan hal tersebut demi popularitas. Namun, rapper berambut panjang itu bisa memastikan bahwa dirinya dan Ihsan Tarore bukan salah satunya.

"Kadang saking jengkelnya, kadang-kadang aku ngomong sampai teman-temanku enggak percaya. Karena kan memang, aku enggak bisa pungkiri, mungkin emang ada zamannya itu (pacar settingan) dilakukan. Tapi aku enggak bikin itu," Denada menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balik ke Jepang, Juice Juice Ketagihan Manggung di Indonesia

Posted: 29 Sep 2017 08:20 PM PDT

Juice Juice menyelenggarakan World Tour pertamanya diIndonesia, pada Minggu, 24 September 2017 lalu, tepatnya di PIK AVENUE Jakarta. Grup idola Jepang beranggotakan tujuh orang ini tiba di Jakarta sejak pagi harinya dan langsung menuju ke lokasi konser.

Acara bertema Live Around Tour ini sudah diselenggarakan di tujuh negara besar seperti Inggris, Paris, Meksiko, dan akhirnya Indonesia. Juice Juice membawakan enam lagu dalam konser ini. Beberapa di antaranya sudah mendapatkan penghargaan besar di industri musik Jepang.

Idol group Jepang Juice = Juice. (runchiarun43)

Fans Juice Juice juga diberikan kesempatan untuk mengikuti Exclusive Meet & Greet di mana beberapa penggemar yang beruntung berkesempatan untuk bertemu langsung dengan member Juice Juice. Antusiasme para pecinta musik Jepang dan juga fandom Juice Juice sangat baik. Hal itu terlihat dari antrean fans yang sudah ada sejak pagi hari.

"Kancah musik Asia memang menjadi sebuah industri yang sangat besar di dunia. Ini merupakan sebuah potensi dalam menyatukan budaya di seluruh Asia, salah satunya melalui musik. Juice Juice merupakan salah satu cara kami untuk bisa menghubungkan fans-fans internasional dengan idolanya," ujar CEO WebTVAsia, Billy Ching.

 

 

Acara ini menyajikan rangkaian acara yang spesial dan turut dimeriahkan oleh para creator WebTVAsia Indonesia sebagai pengisi acara. Di antaranya adalah Boy William, Nadia Vega, Filo Sebastian, Eclat, Erikson Rudy, Elmand, WTF Project, dan juga Classmate Journal.

Bagi bintang pemeran 'Sunshine Becomes You' ini adegan ciuman itu seperti bonus. Meski mungkin terlihat enak menjalaninya, namun adegan tersebut tak seasyik bayangan orang-orang. (Febio Hernanto/Bintang.com)

Sesi penampilan para creator memberikan warna baru di kancah hiburan Indonesia, di mana pada acara ini, WebTVAsia memberikan panggung pada idola dunia digital milenial untuk sharing session dan juga menampilkan talenta mereka.

Bahkan, beberapa di antaranya ikut menunjukkan proyek baru mereka. Sebut saja Boy William dan juga Nadia Vega yang saat ini juga sangat aktif di dunia musik lewat platform digital.

Aktris, penyanyi sekaligus pencipta lagu, Nadia Vega usai mengisi acara Akustik plus di Liputan6.com di Gedung SCTV Tower, Jakarta, Rabu (15/3). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Kemeriahan Acara ini ditutup dengan penampilan Juice Juice yang sangat energik. Harapan dari para anggota Juice Juice adalah bisa kembali dengan konser yang lebih besar lagi dan tidak hanya membawakan beberapa lagu, namun semua lagu di album mereka. Bahkan ke depannya, Juice Juice juga berharap bisa berkolaborasi dengan penyanyi atau para creator di Indonesa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KOLOM BAHASA: Selayang Pandang Riwayat Ejaan Bahasa Indonesia

Posted: 29 Sep 2017 08:15 PM PDT

Perkembangan iptek dan seni berdampak pada penggunaan bahasa Indonesia. Penyempurnaan ejaan bahasa Indonesia untuk mengakomodasi perkembangan tersebut pun dilakukan dari waktu ke waktu.

Pada tahun 2015 melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan ditetapkanlah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sebagai acuan untuk pengguna bahasa Indonesia, baik instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat.

Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. berharap PUEBI dapat mempercepat proses tertib berbahasa Indonesia sehingga memantapkan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Sebelum PUEBI ditetapkan untuk penggunaan bahasa saat ini, ada beberapa ejaan bahasa Indonesia yang merupakan penanda digunakannya ketentuan berbahasa pada masanya. Berikut riwayat ejaan bahasa Indonesia dari masa ke masa.

1. Ejaan Van Ophuijsen

Ejaan telah disempurnakan bentuknya sejak 1901 melalui peraturan bahasa Melayu dan huruf Latin. Ch. A. van Ophuijsen dibantu Engku Nawawi gelar Soetan Ma'moer dan Moehammad Taib Soetan Ibrahim merancang peraturan itu. Ejaan tersebut dikenal sebagai Ejaan Van Ophuijsen.

Ejaan yang berlaku pada masa penjajahan Belanda ini, antara lain masih menggunakan huruf "oe" dan "ch". Misalnya pada kata "tjoetjoe" dan "choesoes" yang masing-masing merupakan "cucu" dan "khusus". Selain itu, ejaan ini masih menggunakan tanda apostrof pada kata-kata tertentu. Contohnya pada kata "ra'yat" (rakyat) dan "tida'" (tidak).

2. Ejaan Republik

Ejaan Republik ditetapkan pada 1947 oleh Soewandi, Menteri Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan pada masa itu. Dikenal juga dengan sebutan Ejaan Soewandi, pemilihan nama Ejaan Republik tampaknya berkaitan dengan peristiwa Kemerdekaan RI.

Perubahan Ejaan Republik dari Ejaan Van Ophuijen merupakan perbaikan dan bermaksud untuk menjadikan ejaan lebih sederhana dan selaras. Perbaikan tersebut meliputi penggantian huruf "oe" menjadi "u". Misalnya pada kata "djoedjoer" yang berubah menjadi "djudjur" dan kata "setoedjoe" menjadi "setudju".

Penggunaan kata pada Ejaan Republik juga unik. Pada kata ulang sempurna, misalnya kata "pura-pura" dan "satu-satu", pada Ejaan Republik ditulis "pura2" dan "satu2".

3. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan

Ejaan Republik dipakai cukup lama sekitar dua dasawarsa sebelum akhirnya diganti dengan keputusan presiden tahun 1972 dengan nama Ejaan yang Disempurnakan. Saat itu diterbitkan pula buku Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan sebagai patokan pemakaian ejaan tersebut.

Penggantian ejaan sebelumnya ke Ejaan yang Disempurnakan (EYD) ini melewati berbagai peristiwa penting, di antara Kongres Bahasa Indonesia Kedua tahun 1954, pembentukan badan/panitia penyusun peraturan ejaan yang praktis bagi bahasa Indonesia tahun 1956--1957, dan penyusunan program pembakuan bahasa Indonesia secara menyeluruh tahun 1967.

Salah satu penyebab EYD begitu populer karena memang ejaan ini dirumuskan pada rentang waktu yang cukup panjang. Bahkan EYD edisi kedua (tahun 1988) dan ketiga (2009) masing-masing diterbitkan berdasarkan keputusan dan peraturan menteri dengan perevisian dari edisi sebelumnya.

Perevisian tersebut merupakan upaya pemantapan sistem tulis atau ejaan dari edisi sebelumnya. Selain itu, revisi itu juga bertujuan agar EYD dapat menampung perubahan sistem penulisan kata/istilah dalam bahasa Indonesia yang terjadi akibat perkembangan penggunaan bahasa Indonesia sebagai dampak kemajuan budaya, ilmu pengetahuan, dan teknologi, dikutip dari laman Badan Bahasa.

Perubahan dari Ejaan Republik ke EYD, antara lain terjadi pada huruf yang digunakan. Huruf-huruf tersebut di antaranya adalah huruf "j" menjadi "y" dan huruf "tj" menjadi "c". Contohnya kata "menjuruh" yang mengalami perubahan menjadi "menyuruh" dan kata "setjertjah" menjadi "secercah".

4. PUEBI

PUEBI memang penyelarasan dan penyempurnaan dari EYD. Dapat dikatakan PUEBI merupakan edisi keempat dari EYD yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Dr. Anis Baswedan.

Dalam ejaan yang kini ditetapkan dan jadi acuan kita dalam berbahasa ini terdapat beberapa perubahan, di antaranya penggunaan huruf kapital, penambahan huruf diftong, dan penggunaan huruf tebal.

Penggunaan huruf kapital pada PUEBI berbeda dari ejaan sebelumnya, yakni dalam hal unsur julukan. Kini pada PUEBI, huruf pertama untuk unsur julukan dikapitalkan. Untuk penggunaan huruf diftong, terdapat penambahan huruf diftong "ei", misalnya kata pada "survei" dan "gleiser". Adapun penggunaan huruf tebal digunakan untuk menegaskan bagian-bagian pada tulisan yang sudah ditulis miring dan menegaskan bagian-bagian karangan, seperti judul buku, bab, atau subbab.

Versi lengkap PUEBI dapat diunduh di badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf

 

Sumber:

Situs web Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Ejaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rasakan Kekayaan Kuliner ASEAN Lewat Santan Coolinair AirAsia

Posted: 29 Sep 2017 08:15 PM PDT

Kuliner telah menjadi sektor yang berperan penting dalam pariwisata suatu negara. Inilah mengapa Indonesia sebagai salah satu negara dengan beragam budaya dan suku, kulinernya menjadi satu hal yang sangat bisa diolah.

Hal itu yang menginspirasi AirAisa sebagai maskapai dengan jaringan penerbangan terluas di ASEAN, menghadirkan wisata kuliner khas Asia Tenggara bertema Santan Coolinair. Santan Coolinair merupakan salah satu usaha AirAsia untuk mengolah dan mengeksplorasi kekayaan wisata dari kawasan tersebut.

Diselenggarakan di The Space, Senayan City, Jakarta mulai Jumat (29/9/2017) hingga Minggu (1/10/2017), Anda akan menemukan lebih dari 25 kuliner top dari berbagai negara di ASEAN. Beberapa kuliner tersebut adalah Pho Thai Hung dari Vietnam, Mango Sticky Rice asal Thailand, TAPAddiction by Mom's Breaktime dari Filipina, May N Mikes Spicy Corner asal Malaysia, dan Keng Eng Kee Seafood dari Singapura yang diterbangkan langsung ke Jakarta menggunakan AirAsia.

"Rasanya tidak ada kawasan lain di dunia dengan jarak antar negara yang sedemikian dekat, namun budayanya sangat beragam. Dan di saat wisata kuliner kini menjadi salah satu jenis wisata yang paling populer, ASEAN pun menjadi sebuah destinasi yang semakin komplet. Melalui Santan Coolinair, kami ingin turut mempromosikan kekayaan wisata kawasan ini dengan mendatangkan berbagai kuliner dari Asia Tenggara seperti pho asal Vietnam, mango sticky rice khas Thailand, atau beef tapa dari Filipina," ujar Rifai Taberi, Direktur Niaga AirAsia Indonesia di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Tidak hanya di Santan Coolinair, AirAsia juga telah mempopulerkan cita rasa ASEAN melalui menu inflight meals Santan, yang dihadirkan di dalam penerbangan. Berbagai makanan yang bisa dipilih antara lain Nasi Kuning Manado dari Indonesia, Nasi Lemak Pak Nasser asal Malaysia, dan Thai Green Curry dari Thailand. Dalam menyelenggarakan Santan Coolinair, AirAsia juga bekerja sama dengan Doku e-wallet, aplikasi elektronik berbasis server serba guna untuk mendukung gaya hidup cashless penggunanya.

"Pengunjung Santan Coolinair juga dapat merasakan kemudahan bertransaksi menggunakan Doku e-wallet yang merupakan mitra pembayaran resmi dalam acara ini. Metode pembayaran yang ditawarkan oleh Doku e-wallet sejalan dengan misi AirAsia sebagai maskapai yang selalu mengedepankan inovasi, dan kami sangat senang dapat turut mendukung perkembangan cashless society, terutama dengan digitalisasi yang terus tumbuh di Indonesia," tambah Rifai Taberi.

Di Santan Coolinair, Anda juga berkesempatan mencicipi inflight meals yang tersedia dalam penerbangan AirAsia dan mengikuti berbagai aktivitas seru serta berpeluang memenangkan tiket gratis dari AirAsia. Selamat berwisata kuliner!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung 30 September 2017

Posted: 29 Sep 2017 08:15 PM PDT

Super big match bakal tersaji di Liga Inggris nanti malam. Chelsea bakal menjamu Manchester City di Stamford Bridge. Kedua tim merupakan penghuni tiga besar di klasemen sementara. 

Chelsea mendapat sedikit keuntungan jelang laga melawan City. Sang tamu tidak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya. Dua pemain pilar City harus absen akibat cedera.

Bek kiri Benjamin Mendy mengalami cedera lutut parah. Sementara itu, penyerang Sergio Aguero harus menepi selama sebulan usai mengalami kecelakaan mobil saat menumpang taksi di Belanda.

Laga seru Chelsea kontra City rencananya akan disiarkan langsung oleh RCTI pada Sabtu, 30 September 2017 malam WIB. Bein Sports 1 juga akan menyiarkan duel ini.

Dua jam sebelum big match Chelsea kontra City, Manchester United juga akan turun bertanding di Liga Inggris pekan tujuh. Setan Merah menjamu juru kunci Crystal Palace.

Ilustrasi sepak bola (Abdillah/Liputan6.com)

18.00 WIB: Deportivo vs Getafe (Bein Sports 2)

18.30 WIB: Huddersfield vs Spurs (Bein Sports 1)

21.00 WIB: MU vs Palace (Bein Sports 1)

21.00 WIB: Bournemouth vs Leicester (Bein Sports 2)

22.00 WIB PSG vs Bordeaux (Bein Sports 3)

23.30 WIB: Levante vs Alaves (Bein Sports 2)

23.30 WIB: Chelsea vs City (Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Buat Film Pendek? Yuk, Ikutan The 5-Min Video Challenge!

Posted: 29 Sep 2017 08:09 PM PDT

5 menit bisa mengubah duniamu? Ya, tentu dengan 5 menit kamu sudah bisa melakukan hal apapun yang kamu suka bahkan menceritakannya lewat sebuah status di sosial media, betul?

Nah, apalagi bagi kalian para film maker indonesia alias yang suka banget berbagi cerita atau menuangkan cerita kalian lewat sebuah video atau film pendek, yap, ini waktunya buat kamu tunjukkan sama dunia kalau video atau film pendek hasil karyamu pantas bersaing dan tampil di panggung internasional.

Seriously bisa? Yaaa...of course, if you join The 5-Min Video Challenge: Season 2 yang diselenggarakan oleh operator seluler yang tergabung dalam Singtel Grup, Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia).

How to join?

1. Buat video berdurasi 5 menit dengan tema "Connecting Lives".

2. Daftar dan Upload video ke 5minvideo.id

3. Share video ke akun social media dan bersiaplah meraih hadiah total ratusan juta Rupiah & mewakili Indonesia di kompetisi Internasional.

Kamu juga bisa lho dapetin hadiah mingguan senilai total Rp 7,5 juta untuk 6 orang pemenang. Caranya mudah, setelah kamu upload video, kirimkan bukti foto kamu ke Instagram dengan hashtag #TSELxKMK5MinVideo & mention @liputan6 sebagai bukti sudah meng-upload video #The5MinVideo.

Tunggu apalagi, ayo buat karya film terbaikmu untuk mewakili Indonesia di ajang kompetisi Internasional! Good luck to all film makers Indonesia!

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Ini Dampak Letusan Gunung Agung Menurut Peta KRB

Posted: 29 Sep 2017 08:04 PM PDT

Gunung Agung masih berstatus Awas. Dari pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas gunung dengan ketinggian 3.142 MDPL ini masih tetap tinggi. Namun, belum ada tanda-tanda penurunan aktivitas.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Gede Suantika mengaku, belum mengetahui kapan gunung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, itu akan meletus.

Menurut Suantika, jika sudah keluar asap secara terus menerus dari kawah, maka kemungkinan Gunung Agung akan segera memuntahkan lahar panas.‎

"Kalau sudah keluar asap terus-menerus seperti cerobong pabrik, gawat itu. Gunung Agung aktivitasnya masih di bawah permukaan," kata Suantika di Pos Pengamatan Gunung Agung, Desa Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, Sabtu (30/9/2017).

Suantika menjelaskan, magma Gunung Agung cukup dalam, yakni sesuai kedalaman eposenter gempa yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Magma itu ke mana-mana, tidak mesti di satu titik. Kita terus pantau, sudah kritis gunungnya ini," dia melanjutkan.

Jika Gunung Agung erupsi, kata Suantika, salah satu yang patut diwaspadai adalah gas yang dikeluarkan dari kawah.

"Kemungkinan konsentrasi gas kalau mengumpul, melebihi ambang batas manusia dan terhirup bisa pingsan orang," kata dia.

Namun, menurut Suantika, saat ini rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG belum mencakup mengenai gas yang akan dikeluarkan Gunung Agung.

"Jadi yang kita rekomendasikan itu dari luncuran awan panas saja dulu, luncuran abu serta kerikil, belum bicara gas," papar dia.

 

Sasksikan video pilihan berikut ini:

Suantika menyebutkan, PVMBG telah mengeluarkan rekomendasi bahwa radius zona merah 9 kilometer dan sektoral 12 kilometer, yang meliputi bagian tenggara, selatan, barat daya, utara, hingga timur laut.

Kendati, kata dia, jika letusan Gunung Agung besar bukan tak mungkin PVMBG akan mengeluarkan rekomendasi baru. ‎Kini, PVMBG masih mengacu peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) letusan Gunung Agung pada 1963.

"Kita akan buat ulang rekomendasi, tergantung situasi. Simulasi dan peta baru belum ada. Peta baru nantinya berdasarkan luasan kekuatan gunung," kata Suantika.

Dalam peta lama tercatat, wilayah KRB I dengan jarak 12 kilometer, berpotensi terdampak aliran lahar dingin dan kemungkinan dapat terkena perluasan awan panas, dan longsoran atau runtuhan tebing.‎ Juga terimbas lontaran batu (pijar) dengan diameter maksimum 10 milimeter dan hujan abu lebat.

Sementara, wilayah KRB II dengan radius 9 kilometer berpotensi sedang terkena awan panas, aliran lava dan lahar.‎ Selain itu, juga berpotensi lontaran batu (pijar) berukuran kerikil atau lapili dengan diameter maksimum 64 milimeter dan hujan abu lebat.

Sedangkan, wilayah KRB III dengan radius 6 kilometer berpotensi tinggi terlanda awan panas, aliran lava, guguran lava, dan gas berbahaya.‎ Selain itu, berpotensi kejatuhan batu (pijar) berdiameter lebih dari 64 milimeter dan hujan abu lebat.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canangkan Program Bersepeda, Risma Gowes dari Rumah ke Kantor

Posted: 29 Sep 2017 08:03 PM PDT

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma, bersepeda atau gowes dari rumahnya yang berlokasi di Taman Pondok Indah kawasan Jalan Raya Wiyung, menuju kantornya, Jumat, 29 September 2017. Dia berangkat mulai pukul 05.30 WIB dengan menggunakan setelan kaus merah dan helm serta menunggangi sepeda kayuh dinamo listrik.

Hal tersebut dilakukan guna menyukseskan program bersepeda ke kantor (bike to work) bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya yang ditetapkan setiap Jumat di akhir bulan.

Selama mengayuh sepeda, Risma tidak sendiri. Ia ditemani Sekretaris Kota (Sekkota) Hendro Gunawan, Asisten Wali Kota, dan beberapa jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sekitar pukul 07.00, Risma tiba di depan Balai Kota Surabaya. Ia sempat berpapasan dengan siswa-siswi SMP yang kebetulan sedang berlari pagi. Tak ingin melewatkan momen, Risma mengajak para siswa untuk foto bersama.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, rute Wali Kota Risma ketika gowes dimulai dari kediamannya di Jalan Raya Wiyung, Gunung Sari ke arah Bumiharjo/Joyoboyo, Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Ia berhenti sejenak untuk melihat situasi kota. Selanjutnya, Risma dan rombongan menuju rute Jalan Raya Darmo - Jalan Urip Sumoharjo - Jalan Basuki Rahmat - Jalan Gubernur Suryo.

Rombongan Wali Kota Risma berhenti sejenak di depan Gedung Grahadi, kemudian menuju Jalan Yos Sudarso, sebelum tiba di halaman Balai Kota Surabaya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, bersepeda dari rumah menuju kantor. Ia ditemani beberapa pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya, Jatim. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Usai bersepeda, sang wali kota mengatakan, selama kegiatan bike to work, parkiran di wilayah Pemkot Surabaya harus bersih dari kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Untuk itu, seluruh kendaraan operasional milik Pemkot Surabaya diparkir di Mall Grand City.

"Jadi nanti kalau saya mau dinas keluar atau teman-teman yang mau rapat, ya harus jalan kaki dulu atau naik sepeda ke Grand City," tutur Risma, usai gowes, Jumat, 29 September 2017.

Untuk tempat parkir sepeda pancal, wali kota perempuan pertama di Surabaya ini mengaku sudah menyiapkan tempat parkir dan petugas untuk mengatur dan menjaga sepeda-sepeda tersebut.

"Semuanya sudah disiapkan kok, itu teman-teman sudah mulai datang," katanya.

Menurut Risma, awalnya program bersepeda ini memang berat untuk dilakukan. Namun, dengan kebiasaan, Risma percaya akan lebih mudah.

Selain itu, jika program ini rutin dilakukan, akan membawa dampak positif untuk warga Surabaya yang lain. Salah satunya menciptakan udara yang sehat. "Saya pernah mendapat cerita, ada orang yang sakit kanker, namun akhirnya sembuh," ujarnya.

Apalagi, imbuh Risma, sekitar 80 persen orang luar negeri menggunakan sepeda, sehingga udara yang dihasilkan juga sangat sehat bagi masyarakat.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, bersepeda dari rumah menuju kantor. Ia ditemani beberapa pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya, Jatim. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Risma menyampaikan pula, kewajiban gowes atau bersepeda bagi PNS dan pegawai pemkot, setiap Jumat di akhir bulan, tidak sekadar demi mengurangi emisi di Surabaya. Lebih dari itu, program ini bertujuan untuk menjaga kesehatan, terutama jantung.

"Di Indonesia, utamanya di kota-kota besar, beberapa tahun terakhir ini semakin banyak orang yang memakai ring jantung," tutur dia.

Memasang ring memang bukan masalah karena teknologi pengobatan semakin canggih. "Tapi untuk apa jika di hari tua merepotkan orang lain," ujar wali kota kelahiran Kediri tersebut.

Risma mengakui, dengan bersepeda seluruh anggota tubuh menjadi ringan dan menyehatkan pikiran. Ia juga bercerita dengan bersepeda mampu mengurangi penyakit sinus yang diderita beberapa tahun terakhir.

"Awalnya sakit sekali bahkan saya sampai nangis, tapi setelah berolahraga ringan dan bersepeda sudah enggak kumat. Jadi, semoga sekarang lebih sehat setelah bersepeda," katanya.

Ke depan, wali kota bersama dengan jajaran pemkot memiliki langkah atau rencana. Selain untuk menjaga kesehatan, Pemkot Surabaya berencana untuk mengganti bahan bakar kendaraan yang ada di kawasan pemkot menggunakan energi listrik.

Untuk bisa menerapkan hal ini, lanjut Risma, ia akan berkomunikasi dengan kawan-kawan di perguruan tinggi untuk menyiapkan program ini.

Bila terlaksana, udara akan pasti lebih bagus. Bahkan di tahun 2040, menurut Risma, semua kendaraan disepakati tidak boleh menggunakan energi minyak bumi.

"Dan mulai memaksimalkan serta menggunakan bahan bakar (seperti) energi matahari atau solar cell demi kesehatan dan kehidupan kita semua," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Pernah Katakan 7 Hal Ini pada Rekan Kerja Wanita

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Tentu kita telah tahu wanita memiliki perasaan yang sensitif. Sedikit saja Anda salah berkata, hal itu dapat melukainya dan membuat hubungan Anda akhirnya menjadi canggung.

Lalu, bagaimana jika rekan kerja Anda ternyata didominasi oleh wanita? Tenang, ini bukan berarti bencana. Ada banyak cara untuk membangun hubungan baik, salah satunya adalah dengan menjaga ucapan.

Melansir laman cheatsheet.com, Sabtu (30/9/2017), berikut tujuh hal yang tidak boleh Anda katakan pada rekan kerja wanita:

 

1. "Kamu harus tersenyum lebih"

Kamu harus tersenyum lebih

Jika Anda melihat rekan kerja wanita yang selalu terlihat tegas, sebaiknya jangan memintanya untuk tersenyum lebih. Biarkan dia melakukan pekerjaan, dan biarkan dia sendiri.

 

2. "Kamu bossy!"

Kamu bossy

Jika Anda memiliki rekan kerja wanita yang bossy, alangkah baiknya jika Anda diam saja.

 

3. "Berat kamu naik/turun?"

Berat kamu naik/turun?

Jika Anda melihat rekan kerja wanita telah turun atau naik badan, sebaiknya jangan katakan apapun. Kebiasaan makannya bukan urusan Anda. Jika Anda tetap menyinggungnya, nanti akan membuatnya risih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

4. "Apa kamu kencan dengan seseorang?"

Apa kamu kencan dengan seseorang?

Sebaiknya jangan mengatakan hal ini. Pertanyaan ini masuk ke dalam stereotip seorang wanita harus menikah atau berkencan dengan seseorang agar memiliki nilai. Selain itu, dengan mengajukan pertanyaan ini bisa dianggap sebagai undangan untuk hubungan romantis.

 

5. "Apa kamu sedang masa period?"

Apa kamu sedang masa period?

Sebaiknya jangan mengatakan hal ini pada rekan kerja wanita walau itu hanya bercanda. Perkataan ini sesungguhnya kasar dan tidak perlu. Semua orang itu bebas mengekspresikan emosinya.

 

6. "Kenapa kamu terlihat sangat marah?"

Kenapa kamu terlihat sangat marah?

Wanita yang terlihat marah cenderung mendengar banyak pendapat tentang ekspresi wajahnya. Ketika seorang wanita terlihat serius atau termenung seharusnya tidak menjadi perhatian Anda. Beri rekan kerja Anda istirahat, dan sebaiknya fokus saja pada pekerjaan.

 

7. "Kamu harus memakai makeup lebih banyak"

Kamu harus memakai makeup lebih banyak

Jangan pernah mengatakan hal ini, karena wanita memiliki kebebasan untuk menentukan dirinya memakai berapa banyak makeup. Makeup seharusnya menjadi hal terakhir pada pikiran mereka dan pikiran Anda karena masih banyak hal penting lainnya yang harus diprioritaskan.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Striker Pengganti Aguero di City

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Manchester City membutuhkan pemain lain di lini depan untuk menghadapi Chelsea, Sabtu (30/9/2017), ketika Sergio Aguero cedera. Absennya Aguero karena insiden kecelakaan di Amsterdam, Belanda jelas mengecewakan The Citizens.

Striker asal Argentina itu dikabarkan bisa beristirahat selama enam sampai delapan minggu karena tulang rusuk yang patah. Kondisi itu tentu akan mengganggu rencana Josep Guardiola.

Padahal musim ini penampilan Aguero sedang dalam puncak performa. Ia telah mencetak tujuh gol dari delapan laga untuk City di semua kompetisi.

Namun, City tidak kekurangan bakat menyerang. Sejumlah pemain harus mampu melangkah saat Aguero absen.

Berikut empat yang terlihat paling mungkin menjadi pelapis Aguero dalam beberapa laga ke depan.

Gabriel Jesus

Guardiola tidak memiliki striker murni lain untuk saat ini selain Gabriel. Akan tetapi, setelah memulai karier di City dengan hebat pada musim lalu, pemain asal Brasil itu harus diganti ketika melawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions lalu. Dalam situasi saat ini, Gabriel harus bangkit.

Raheem Sterling

Pada musim lalu, Pep memutuskan bahwa pemain sayapnya hanya bermain di satu sisi. Leroy Sane di kiri dan Sterling di kanan. Namun hal itu berubah, pelatih percaya bahwa Sterling bisa bermain bagus di tengah. Jika Pep ingin memainkan dua pemain di depan, Sterling bisa menjadi pilihan terbaik dari absennya Aguero.

Bernardo Silva

Seperti Sane pada akhir tahun lalu, Bernardo menjadi pemain yang telat bersinar di City. Tetapi, dengan cederanya Aguero, Chelsea bisa menjadi waktu yang tepat bagi Bernardo untuk menjadi sorotan. Pertandingan nanti akan menjadi momentum positif untuk mantan pemain AS Monaco itu.

Brahim Diaz

Pemain muda ini tampil mengesankan pada tur musim panas lalu. Belum sempat tampil dengan tim utama musim ini, namun berpeluang memberikan kontribusi jika dimainkan sebagai penyerang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Music Punya 30 Juta Pelanggan Berbayar

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Layanan streaming musik, Apple Music, terus mengalami pertumbuhan. Jumlah pelanggan berbayar Apple Music kini telah mencapai setengah dari yang dimiliki Spotify.

Dilansir Phone Arena, Jumat (129/9/2017), eksekutif Apple Music, Jimmy Iovine, mengungkapkan pelanggan berbayar layanan tersebut saat ini telah mencapai 30 juta, naik dari 27 juta pada Juni 2017. Jumlahnya mencapai setengah dari 60 juta pelanggan berbayar bulanan milik Spotify. Rival Apple Music tersebut saat ini memimpin industri layanan streaming musik.

Berbeda dengan Spotify yang menghadirkan iklan untuk layanan gratisnya, Apple Music menawarkan masa percobaan gratis selama tiga bulan tanpa iklan. Setelah layanan gratis habis, pengguna diberikan opsi untuk menjadi pelanggan berbayar.

Apple terus mempromosikan layanan streaming musik miliknya, termasuk dengan sebuah iklan baru yang akan dirilis pada bulan depan. Selain itu, Apple juga telah merilis iklan untuk mempromosikan Apple Watch dan Apple Music.

Apple Watch Series 3 kompatibel dengan jaringan 4G LTE, yang artinya para pengguna bisa menikmati lagu langsung dari tangan mereka. Apple Music akan segera diintegrasikan dengan smartwatch terbaru itu. Apple akan terus berinovasi dan tidak hanya sekedar memberikan layanan musik.

"Menurut saya, streaming saja tidak cukup. Saya tidak setuju bahwa semua hal berjalan lancar "hanya" karena Apple memasuki area streaming dan jumlah (pelanggannya) naik. Hidup akan terus berlanjut. Jadi Anda harus membantu artis membuat berbagai hal baru, yang mereka tidak akan bisa melakukannya sendiri," ungkap Iovine.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Unggul atas Bali United, Bhayangkara FC Perlebar Jarak

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Gelandang Bali United, Stefano Lilipaly (bawah) berebut bola dengan pemain Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bali United kalah 2-3 dari Bhayangkara FC. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bali United, Stefano Lilipaly (bawah) berebut bola dengan pemain Bhayangkara FC pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bali United kalah 2-3 dari Bhayangkara FC. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United, AHN Byungkeon pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United, AHN Byungkeon pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla (tengah) menyaksikan langsung laga Bhayangkara FC melawan Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla (tengah) menyaksikan langsung laga Bhayangkara FC melawan Bali United di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penyerang Bhayangkara FC, Jajang Mulayana (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United, Nick Van Der Velden pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Penyerang Bhayangkara FC, Jajang Mulayana (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United, Nick Van Der Velden pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, Paulo Sergio Moreira (kanan) merayakan gol ke gawang Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, Paulo Sergio Moreira (kanan) merayakan gol ke gawang Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, T M Ichsan (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, T M Ichsan (kiri) berebut bola dengan pemain Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic (tengah) merayakan gol ke gawang Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gelandang Bhayangkara FC, Ilija Spasojevic (tengah) merayakan gol ke gawang Bali United pada lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9). Bhayangkara FC unggul 3-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: 4 Anak Hugh Hefner, Siapa Jadi Penerus Playboy?

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Mendiang Bos Playboy Hugh Hefner pernah menikah tiga kali sepanjang hidupnya dan memiliki empat orang anak. Dari empat anak, beberapa di antaranya memang bekerja dalam bisnis keluarga. Lantas siapa yang akan meneruskan dinasti Playboy Enterprises?

Simak juga dua artikel populer yang paling banyak dibaca lainnya di top 3 lifestyle, Sabtu (30/9/2017);

 

1. Hugh Hefner Punya 4 Anak, Siapa Jadi Penerus Dinasti Playboy?

Hugh Hefner bersama kedua putranya

Banyak orang bertanya, dari ribuan wanita yang pernah bermalam dengannya, Hef, sapaan akrabnya, punya berapa anak? Selain itu, siapa yang akan melanjutkan dinasti tersebut? Baca selengkapnya di sini

2. 7 Hal yang Membuat Pria Memilih Putus Cinta dari Anda

Wanita, 7 Hal yang Membuat Pria Memilih Putus Cinta dari Anda

Pernahkah Anda bertanya-tanya apa hal yang pada akhirnya membuat seorang pria mengakhiri hubungan? Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat seorang pria memilih putus cinta dari Anda. Cek di sini

3. Masih Bingung? Simak 11 Tanda Anda Sudah Siap Menikah

Masih Bingung? Simak 11 Tanda Anda Sudah Siap Menikah

Menurut penelitian di Amerika, 40 hingga 50% pasangan yang menikah memutuskan untuk bercerai.Inilah mengapa banyak orang memerlukan waktu yang lama untuk memutuskan menikah. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda sudah siap menikah. Lihat selengkapnya di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pitbull Terbangkan Pasien Kanker ke AS agar Bisa Kemoterapi

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Kaya, populer, dan baik hati kira-kira itu tiga kata yang mendeskripsikan penyanyi rap Amerika Serikat, Pitbull. Baru-baru ini, dia mengirim pesawat pribadinya ke Puerto Rico untuk membantu pasien kanker.

Pesawat pribadi Pitbull dikirimkan guna membantu menerbangkan pasien kanker mendapatkan kemoterapi. Seperti diketahui, Puerto Rico merupakan salah satu kawasan terdampak dari badai Irma.

"Terimakasih @pitbull telah mengirimkan pesawat pribadimu untuk membawa pasien kanker dr PR (Puerto Rico) ke Amerika Serikat sehingga mereka bisa mendapatkan kemoterapi" tulis salah satu anggota kongres, Jennifer Gonzales, di Twitter.

Pria yang dikenal sering menduduki peringkat tangga lagu dunia ini merespon cuitan Gonzalez itu kepada sebuah media.

"Terima kasih Tuhan, kami diberkati untuk bisa membantu. Aku hanya melakukan hal yang bisa kulakukan," kata Pitbull mengutip Independent, Jumat (29/9/2017).

Badai Irma telah membuat Puerto Rico hancur. Bahkan pemerintah menyebutnya sebagai bencana kemanusiaan. Penduduknya kini tengah berjuang untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, air, bahan bakar dan listrik. Ketiadaan listrik dan bangunan hancur, membuat pasien kanker jadi tidak bisa mendapatkan kemoterapi. 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yoona SNSD Ingin Liburan ke Bali

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Yoona SNSD datang ke Jakarta untuk menghadiri acara yang digagas oleh sebuah produk kecantikan. Datang ke Tanah Air untuk ke sekian kalinya, anggota girl group SNSD ini merasa senang dan sangat antusias.

(Liputan6.com/Zulfa Ayu Sundari)

Dalam acara yang digelar di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat (29/9/2017) ini, Yoona SNSD terlihat sangat cantik dengan gaun berwarna putih selutut. Penampilannya begitu segar dengan tatanan rambut pendek barunya.

Salah satu hal yang sangat disukai Yoona dari Indonesia adalah keindahannya. "Pemandangan Indonesia bagus, cuacanya cerah, tapi selama ini saya belum bisa terlalu menikmati karena harus kerja," tutur Yoona.

Jika memiliki waktu luang, ia berencana kembali ke Indonesia untuk berlibur, dan rehat sejenak dari segala aktivitas. Rupanya, Pulau Dewata jadi incaran Yoona.

 (via instagram@yoona__lim)

"Kapan-kapan saya akan berlibur ke sini. Saya pernah satu kali ke Bali, saya akan datang lagi ke Bali untuk liburan selanjutnya," ungkapnya dalam bahasa Korea.

Indonesia selalu meninggalkan kenangan manis di hatinya. "Saya senang sekali hari ini bisa bertemu rekan-rekan semua. Terima kasih sudah datang," kata Yoona SNSD di akhir acara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Lenyapnya 'Emas Soviet' Milik Penguasa Partai Komunis

Posted: 29 Sep 2017 08:00 PM PDT

Ketika Uni Soviet pecah pada tahun 1991, ada banyak rumor mengenai keberadaan "cadangan emas" Partai Komunis Uni Soviet. Beberapa sejarawan dan jurnalis percaya bahwa pejabat partai yang mengumpulkan banyak uang secara rahasia mengirimnya ke rekening bank asing.

Dikutip dari laman RBTH Indonesia, Sabtu (30/9/2017), Partai Komunis Uni Soviet lebih dari sekedar partai. Menikmati kekuasaan penuh hingga akhir 1980-an, eselon atas partai tersebut -- Komite Pusat dan Politburo -- eksis sebagai kekuasaan yang terpisah, dan banyak dari mereka yang menikmati privilese yang tak selalu legal.

Pada awal 1990-an, segera setelah Uni Soviet runtuh, beberapa sumber mengatakan bahwa sekitar 10 miliar dolar AS dari uang kas partai lenyap begitu saja, dan mayoritas orang Rusia yakin uang itu dicuri.

Viktor Mironenko, mantan ketua Komsomol (organisasi pemuda Partai Komunis), mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa tepat sebelum kehancuran Uni Soviet, partai tersebut memiliki 10 miliar dolar AS di rekeningnya.

Uang itu ada untuk berbagai macam tujuan, seperti bayaran anggota partai biasa (tahun 1990, anggotanya 19,5 juta orang), dan pemasukan Yayasan Perlindungan Perdamaian dengan aset keuangan sekitar 2,6 miliar dolar AS.

Sulit mengklarifikasi apakah jumlahnya seperti yang dikatakan Mironenko. Arsip dokumen partai tidak digabung dengan anggaran pemerintah, dan hanya pejabat level atas yang dapat mengaksesnya.

Vikto Gerashchenko, mantan Direktur Bank Negara Uni Republik Sosialis Soviet, mengonfirmasi pada 2011 bahwa ada banyak uang di rekening Komite Pusat, namun itu hilang begitu saja pada 1991.

Kematian yang Mencurigakan

Saat itu situasinya terlihat sangat mencurigakan, terutama setelah sejumlah kematian yang misterius. Pada 26 Agustus 1991, enam bulan sebelum Uni Soviet kolaps, manajer keuangan partai Nikolai Kruchina, yang dekat dengan Mikhail Gorbachev, jatuh keluar dari jendelanya dan meninggal.

Pendahulunya, Georgy Pavlov -- yang telah mengikuti partai selama 18 tahun -- mengikuti nasib Kruchina sebulan kemudian.

Dmitry Lisovolik, banker ketiga yang mengepalai bidang AS di departemen internasional di Komite Pusat dan terlibat erat dengan arus keuangan, juga jatuh keluar dari jendelanya beberapa hari kemudian.

Meski ada kejadian-kejadian aneh, pejabat pemerintah mengklaim bahwa "emas partai" itu tidak pernah ada, dan tentu saja masyarakat tidak percaya dengan pernyataan itu. Kematian-kematian mencurigakan itu tetap tidak bisa menjawab pertanyaan inti, kemana uangnya.

 

Rasa penasaran dan haus akan keadilan bukanlah faktor utama yang memotivasi pemimpin Rusia untuk mencari uang itu. Setelah Rusia yang baru lahir dari puing-puing Uni Soviet, negara sangat membutuhkan uang. Miliaran dolar dari para komunis itu tentu saja akan sangat membantu.

Dalam rangka mencari uang, mantan pelaksana tugas Perdana Menteri Rusia Yegor Gaidar bahkan menyewa detektif pribadi dari Kroll, badan penyelidikan terkenal asal AS.

Menurut memoar Gaidar, pemerintah Rusia berhenti mencarinya karena AS "tak menemukan informasi signifikan." Akhirnya, pemerintah pun tidak pernah memublikasikan laporan yang dikumpulkan Kroll.

Koneksi Asia?

Jadi, apa yang sebenarnya terjadi ke uang itu? Menurut sebuah versi, pencurinya menggunakan koneksi orang Tiongkok dan memasukkan miliaran dolar AS itu ke dalam rekening bank rahasia di Hong Kong.

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, bank-bank Hong Kong mengatur banyak rekening secara anonim dan tidak bekerja sama dengan penyelidik internasional untuk pemilik rekening.

Negara lain yang diduga menyimpa uang itu termasuk Siprus dan Lebanon. Jika uang itu tidak keluar secara utuh, berarti ia telah dibagi-bagi ke jumlah yang lebih kecil dan dikirim ke puluhan bank di seluruh dunia, dan berarti ia tidak akan pernah ditemukan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: