Kamis, 28 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


Lamborghini Tidak Tertarik Bikin Mobil Nirawak, Kenapa?

Posted: 28 Sep 2017 10:20 PM PDT

Lamborghini memiliki sejarah panjang dengan kebudayaan yang sangat kaya. Meskipun demikian, Lamborghini tidak pernah terburu-buru dalam mengadopsi teknologi terkini, terutama 10 tahun terakhir ini.

Seperti diberitakan Carscoops, Lamborghini sangat telat mengadopsi teknologi transmisi dual-clutch. Dan sampai saat ini belum ada model hybrid dari Lamborghini, meskipun pabrikan lain berlomba-lomba menciptakan model hybrid.

Saat ini pabrikan tengah berlomba-lomba mengembangkan teknologi mobil nirawak, Lamborghini sama sekali tidak memperlihatkan ketertarikannya.

Saat berbicara dengan Digital Trends, bos Research & Development Lamborghini,  Maurizio Reggiani mengungkapkan Lamborghini akan tetap komitmen untuk menciptakan mobil yang fokus pada kebutuhan pengemudi, dan tidak terburu-buru mengadopsi teknologi nirawak.

"Jika Anda membeli Lamborghini, Anda membelinya untuk bersenang-senang dan menikmati berkendara. Jika kami berbicara berkendara nirawak, kami pikir kami akan menjadi pabrikan terakhir yang menawarkannya," ungkap Maurizio.

Ketidaktertarikan Lamborghini terlihat dari Urus. SUV pertama dari pabrikan berlambang banteng tersebut dilengkapi dengan berbagai teknologi.

"Urus akan dilengkapi adaptive cruise control, kamera, lane-keeping systems. Dan fitur-fitur yang tersedia pada mobil premium, namun tidak ada satupun yang mendekati teknologi nirawak," pungkas Maurizio.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Bagi pemain sepak bola profesional, terlebih bergabung dengan sebuah klub raksasa tentu uang bukanlah suatu masalah. Setidaknya itu yang dirasakan Pierre-Emerick Aubameyang yang tak lain adalah penyerang andalan tim Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

Sejak bergabung dengan Dortmund pada 2013, Aubameyang menjelma sebagai pemain besar dan banyak meraih tropi. Hasil kerja kerasnya membuahkan hasil hingga akhirnya pria kelahiran Laval, 18 Juni 1989 itu bergelimang harta.

Baru-baru ini, pemain kunci tim nasional Gabon itu berpose dengan tunggangan kesayangannya, Lamborghini Aventador. Foto nyentriknya itu diunggah melalui akun Instagram-nya dan hingga saat ini sudah mendapat likes 398 ribu lebih.

Mengenakan jaket dan celana hitam berpadu dengan kaos serta sepatu putih dan sunglasses, Aubameyang duduk di atap supercar miliknya.

Ia nampak rileks saat berpose di mana kakinya bertumpu pada kaca depan supercar asal Italia.Menariknya, Aventador milik Aubameyang sudah dimodifikasi. Warna bodinya sudah tidak standar karena diganti dengan kelir hologram.

Jika terpapar cahaya maka pantulan warna yang dihasilkan bisa berbeda-beda. Selain itu, logo khas Aubameyang berupa huruf "A" yang menyerupai petir tersemat pada bonnet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam-Malam, Soimah Kedatangan Tamu Tak Diundang

Posted: 28 Sep 2017 10:20 PM PDT

Soimah menjadi salah satu host wanita yang sering membawakan acara hingga malam hari. Sehingga mau tak mau ia pun baru sampai di rumah saat malam sudah begitu larut.

Begitu sampai rumah, ia langsung membersihkan wajah dari riasan yang menempel di wajahnya, dan siap tidur. Tetapi, tiba-tiba Soimah justru mendapatkan tamu di rumahnya. Rupanya, wanita yang kerap disapa Mak'e ini mendapat kejutan dari sahabat-sahabatnya.

 Dangdut Academy 4 (Nurwahyunan/bintang.com)

Ya, Soimah berulang tahun ke-37, dan tak menyangka dirinya disambangi Oky Lukman dan Deswita Maharani. Lucunya, keduanya datang mengenakan pakaian tidur.

Itu terlihat pada foto yang diunggah Soimah di akun Instagramnya, Jumat (29/9/2017). Tanpa riasan makeup, ketiganya tersenyum ke arah kamera.

"Tamu tengah malam gak tau diri,untungnya bawa kado makasih sahabatku tercintaaaa," tulis Soimah sebagai keterangan foto yang langsung disukai lebih dari 69 ribu pengguna Instagram.

Sebanyak 999 peselancar dunia maya pun membanjiri kolom komentar milik Soimah. Mereka melontarkan doa untuk Soimah.

 Soimah kedatangan tamu tengah malam (Foto: Instagram)

"HBD mak 'e slamet segalanya murah rezekinya slalu diberi kesehatan lahir dan bathin smoga bisa terus brkarya dng cinta untuk semua dan Allah slalu melindungi bersama klrg tercinta Aamiiiin," ujar akun @nur_auguostin.

Akun @bintangipo menimpali, "Wah mak e ultah dpt kado ora soko bung gomes moga mak e sehat slamat dunia akhirat amin kado bt mak e doa sapu jagad yo mak e ko aq bt mak e sekeluarga."

Begitu pun akun @isroq_ellylutfianti, "Sugeng ambal warso mae @showimah sehat2 trus nggeh mae lncar rjekine sllu sederhana y mae.ai lap yu mae @showimah."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga 1: Lawan Persiba, Persib Ogah Lengah

Posted: 28 Sep 2017 10:20 PM PDT

Kiper Persib Bandung, M. Natshir mengatakan timnya tak akan main-main saat menghadapi Persiba Balikpapan. Persib akan menghadapi Persiba di lanjutan Liga 1, Minggu (1/9/2017) di Stadion Batakan.

"Karena yang kami hadapi memiliki tambahan motivasi, kami juga enggak mau kalah motivasinya. Kita harus punya motivasi yang lebih dari mereka," ujar Natshir atau akrab disapa Deden seperti dilansir situs resmi Persib.

Menghadapi Persiba, Persib membawa 19 pemain. Deden pun mengatakan ia dan rekan-rekannya sudah fokus menghadapi pertandingan tersebut.

Dilihat dari posisi klasemen, Persiba wajar punya motivasi lebih lantaran mereka saat ini ada di zona degradasi. Tim Beruang Madu saat ini berada di peringkat ke-17 dengan 19 poin.

Sementara itu, Persib berada di papan tengah tepatnya di peringkat ke-10 dengan 35 poin. Di pertandingan sebelumnya, Persib ditahan imbang 1-1 pemuncak klasemen sementara, Bhayangkara FC.

"Kita sebagai pemain setelah pertandingan kemarin (melawan Bhayangkara FC) semua sudah fokus ke pertandingan selanjutnya," tuturnya.

Pada pertemuan pertama, Persib sukses mengalahkan Persiba dengan skor tipis 1-0. Total, dari lima pertandingan terakhir melawan Persiba, Persib belum pernah kalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Beli Persenjataan Pakai Utang, Ini Kata BI

Posted: 28 Sep 2017 10:14 PM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran sekitar Rp 19,5 triliun dari pinjaman dalam maupun luar negeri untuk pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) dan alat material khusus (alumatsus) dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Ini adalah kebutuhan belanja dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Polri.
 
Menanggapi hal tersebut, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo menilai, dalam statistik Neraca Pembayaran Indonesia (NPI), setiap pembelian barang dan jasa dari luar negeri, contohnya alutsista akan tercatat sebagai impor.
 

 
"Jadi (impor) akan mengurangi surplus atau menambah defisit transaksi perdagangan dan transaksi berjalan. Devisa akan keluar dari perekonomian untuk impor," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (29/9/2017).  
 
Namun lanjut Dody, jika pembiayaan berasal dari utang luar negeri, maka devisa neto bagi perekonomian akan offset alias tergerus. Sementara apabila didanai dari domestik, maka akan keluar devisa sejumlah nilai impor tersebut. 
 
"Melihat dampaknya harus secara makro. Jika total impor lebih besar dari ekspor, akan ada defisit di transaksi berjalan, net demand terhadap valuta asing, dan nilai tukar rupiah secara fundamental akan melemah," Dody menjelaskan.
 
Menurutnya, ada pandangan umum bahwa sepanjang defist transaksi berjalan dapat dijaga di bawah 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), maka transaksi berjalan masih sehat dan kondisi eksternal relatif baik. 
 
"Proyeksi defisit transaksi berjalan Indonesia 2017 diperkirakan kurang dari 2 persen dan di bawah 2,5 persen terhadap PDB pada tahun depan," ujar Dody.
 
 
 
Kepala Ekonom SKHA Institute for Global Competitiveness (SIGC), Eric Sugandi menganggap pembelian alutsista sudah dialokasikan di dalam APBN dan sah-sah saja mengimpor terhadap jenis yang spesifikasinya belum dapat diproduksi industri pertahanan dan keamanan dalam negeri. 
 
"Pembelian alutsista dan alumatsus dari luar negeri biasanya settlement-nya menggunakan letter of credit (L/C) yang diklasifikasikan sebagai pinjaman utang luar negeri. Praktik ini biasa saja dalam settlement via perbankan," terangnya.
 
Dia menjelaskan, impor alutsista ini akan tercatat sebagai komponen impor di neraca pembayaran. Dan lagi-lagi ini merupakan lumrah dalam pencatatan neraca pembayaran. 
 
"Ketika impor alutsista dan alumatsus dilakukan, ini akan menambah defisit neraca transaksi berjalan, seperti pembayaran barang-barang impor jenis lainnya," ujarnya. 
 
Akan tetapi selama utang dalam valas dilakukan lindung nilai atau hedge, Eric menilai masyarakat tidak perlu khawatir karena dampak dari risiko terhadap kurs atau mata uang dapat diminimalisir. 
 
"Pembelian alutsista via utang tentu mesti dicari yang harganya reasonable tapi sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Selain itu, term pembayarannya memasukkan hedging untuk melindungi dari risiko kurs," kata Eric. 
 
Untuk diketahui, dari total pinjaman luar negeri tahun depan, paling banyak penggunanya adalah Kemenhan dengan alokasi Rp 11,7 triliun untuk pembiayaan alutsista. Sementara untuk pinjaman dalam negeri tercatat Rp 3,5 triliun bagi Kemenhan.  
 
Sedangkan untuk pembelian alumatsus untuk Polri sebesar Rp 3,3 triliun dari pinjaman luar negeri, dan Rp 1 triliun di alokasi pinjaman dalam negeri. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dubes Tiongkok: Persahabatan China-RI Berawal dari Laut

Posted: 28 Sep 2017 10:12 PM PDT

Suka cita perayaan hari jadi China ke-68, ternyata tak hanya dirasakan oleh warganya yang berada di Negeri Tirai Bambu. Sebuah perhelatan budaya dan jamuan makan malam sebagai peringatan hari jadi juga diselenggarakan di Jakarta.

Perayaan hari nasional yang digelar pada Kamis malam 28 September 2017 juga disemarakkan dengan lantunan musik khas China.

PLT Dubes China untuk RI, Sun Weide mengatakan, mewakili pemerintah China, dirinya mengaku bahagia karena negaranya telah menempuh perjalanan jauh sejak 68 tahun yang lalu.

"Kami cukup berbangga, selama ini China telah mengalami perkembangan sosial dan ekonomi yang baik dan membuat kagum dunia," ujar Weide saat menyampaikan sambutan di Hotel Ritz Carlton Jakarta.

"Pertumbuhan ekonomi China merangkak naik hingga menyentuh peringkat ke-2 di dunia. Meski begitu kami terus berupa untuk meningkatkan kerja sama antar negara, salah satunya Indonesia," tambah Weide.

Pada kesempatan itu, Dubes Weide turut membahas hubungan pemerintah China dan Indonesia. Ia mengatakan, hubungan kedua negara terbentuk dari jalur perdagangan laut yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

"China sangat menjunjung tinggi hubungannya dengan Indonesia karena dianggap sebagai mitra yang handal di wilayahnya," kata Weide.

"Hal ini dibuktikan dengan konsensus baru yang mensinergikan kedua negara dalam program The Belt and Road Initiative yang telah disepakati oleh Presiden Xi Jinping dan Presiden Joko Widodo," tambahnya.

Melalui kesepakatan itu, Dubes Weide menegaskan bahwa segala hubungan kerja sama yang dibangun sangat bermanfaat bagi kedua negara di masa mendatang.

Pada momentum peringatan hari jadi yang ke-68, Dubes Weide juga merasa berbahagia atas kehadiran dua ekor Giant Panda bernama Cai Tao dan Hu Chun. Ia dan pemerintah China menggambarkan kehadiran panda ini akan menjadi simbol persahabatan antara kedua negara.

"Setelah tiba di Jakarta, Cai Tao dan Hu Chun akan diistirahatkan di Taman Safari Bogor. Setelah proses karantina, anak-anak Indonesia akan melihat secara langsung seperti apa hewan panda yang selama ini hanya mereka lihat di televisi," tambahnya.

Sebelum menutup sambutannya, Dubes Weide menyampaikan sebuah pribahasa Tionghoa yang sangat pas untuk kemajuan kedua negara.

"Ketika berada di kapal yang sama, hanyalah dengan mendayung bersama kita dapat melawan angin dan ombak untuk berlayar jauh," ujar Weide.

Baginya, kerja sama yang baik antara China dan Indonesia tak hanya membawa keuntungan bagi kedua negara. Kerja sama tersebut juga memberi kontribusi terhadap perdamaian, stabilitas dan pembangunan di seluruh dunia.

Dalam acara tersebut, turut hadir pula Mantan Presiden RI ke-3 B.J Habibie dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbuang dari Persib, Cole Gabung Klub Liga Inggris?

Posted: 28 Sep 2017 10:10 PM PDT

Eks striker Persib, Carlton Cole dikabarkan segera bergabung dengan Crystal Palace. Dilansir Daily Star, klub Liga Inggris itu sedang krisis penyerang dan sedang melakukan negosiasi dengan Cole.

Padahal selama di Persib, penampilan Cole kurang meyakinkan. Ia hanya turun dalam lima laga tanpa mampu mencetak gol. Tak heran Persib pun memutus kontraknya pada Agustus kemarin.

Mereka langsung mengganti Cole dengan striker asal Chad, Ezechiel N'Douassel. Palace sendiri bukan tanpa alasan membidik Cole.

Pasalnya striker andalan, Christian Benteke harus menepi enam pekan karena cedera lutut.

"Cole selalu menjaga dirinya dalam kondisi yang prima. Dia siap bekerja dan bertarung di level tertinggi," kata seorang teman Cole.

Sebelum bergabung ke Persib, Cole merupakan striker penuh pengalaman di Liga Inggris. Ia pernah memperkuat West Ham, Chelsea, hingga Aston Villa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenperin Usung Konsep "Home Living" di Pameran Kriya Nusa

Posted: 28 Sep 2017 10:10 PM PDT

Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut serta dalam pagelaran Pameran Kriya Nusa yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) selama 5 hari, mulai dari 27 September hingga 1 Oktober 2017. Pameran ini bertujuan untuk mempromosikan dan memperluas akses pasar produk unggulan IKM di pasar dalam negeri. Direktorat Jenderal IKM memfasilitasi lima IKM yang berasal dari NTB (Ratna Art Shop/Kerajinan Anyaman Ketak), Bali (Kekean Wastra Gallery/ Batik dan Tenun Warna Alam), Banten (Joice Jewelry), Solo (Kimkas/Furnitur), dan Sumatera Utara (Tenun Basana/ Ulos).

"Pada pameran Kriya Nusa ini, Ditjen IKM mengusung tema home living, semua IKM yang kami fasilitasi telah dikurasi sesuai dengan konsep yang telah dibuat. Jadi, ada produk furnitur, home decoration, kerajinan, tenun, dan batik," ujar Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka, dan Kerajinan, Ditjen IKM Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum, di Jakarta Convention Center, Selasa (27/9/2017).

Menurut Ratna, Ditjen IKM ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dalam pameran Kriya Nusa ini. "Kami ingin mengedukasi para IKM, bahwa pameran itu tidak hanya ajang untuk berjualan sehingga stand tidak terkoordinir dengan baik hanya seperti stand-stand pameran biasanya. Dengan konsep home living yang kami tampilkan, akan sangat menarik perhatian pengunjung, bahkan Bapak Presiden dan Ibu Negara beserta Ibu Muffidah Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Bapak Djarot Saeful Hidayat, juga mengunjungi stand Kemenperin," ucap Ratna.

Dirinya pun menyatakan kebanggaannya terhadap stand Kementrian Perindustrian yang menjadi salah satu stand yang dikunjungi oleh Bapak Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan.

"Kami sangat senang Bapak Presiden dan Ibu Negara berkenan berkunjung dan melihat produk unggulan IKM yang kami fasilitasi. Tadi Ibu Iriana tertarik dengan produk tas dan kerajinan dari anyaman ketak khas NTB, sementara Bapak Presiden sangat tertarik dengan produk pajangan berisi kumpulan batu-batuan asli Indonesia yang dibuat oleh Ibu Joice," kata Ratna.

Stand Kementerian Perindustrian berada di Hall B Jakarta Convention Center. Stand-nya selalu ramai oleh pengunjung. Para pengunjung tidak hanya dapat berbelanja, tetapi juga bisa berfoto dan selfie di stand yang didesain khusus tersebut. "Stand Kemenperin produknya bagus-bagus dan kita bisa selfie juga," ujar salah satu pengunjung. Di stand Kemenperin memang terdapat beberapa spot yang sangat menarik untuk dijadikan tempat foto/selfie.

Ratna mengharapkan, selama lima hari ke depan para IKM binaan Kementerian Perindustrian mendapat hasil penjualan yang bagus dan juga mendapatkan banyak pembeli. "Kami harap para IKM yang kita fasilitasi akan mendapatkan hasil penjualan yang bagus, baik retail maupun pesanan dari buyer, sehingga jangkauan pasar mereka akan semakin luas yang tentunya akan meningkatkan omset penjualan," ucap Ratna.(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disanjung Pevita Pearce, Keenan Pearce Disindir Fans Raisa

Posted: 28 Sep 2017 10:10 PM PDT

Sudah selayaknya seorang adik bersikap baik kepada kakaknya, seperti yang dilakukan oleh Pevita Pearce kepada Keenan Pearce. Baru-baru ini, Pevita mengunggah sebuah foto kebersamaan dengan kakaknya itu melalui Instagram @pevpearce.

Di luar foto tersebut, Pevita Pearce memberi keterangan foto yang sudah tak lagi mengejutkan publik. "The only one who will never break my heart," tulis Pevita yang ditujukan kepada Keenan Pearce, Kamis (28/9/2017).

Pevita Pearce dan Keenan Pearce. (Instagram - @pevpearce )

Dalam rangkaian fotonya, Pevita tampak merangkul Keenan dengan raut wajah bahagia. Menandakan bahwa hubungan mereka sebagai kakak adik tak dirundung masalah sama sekali. Keduanya pun tampak bercanda dengan ekspresi lepas.

Namun ketika menengok ke komentar para warganet, banyak yang seolah tak sepenuhnya setuju dengan ungkapan Pevita Pearce terhadap kakaknya itu. Mereka beranggapan bahwa ada seorang wanita yang patah hati oleh Keenan Pearce, wanita tersebut adalah Raisa.

Pevita Pearce dan Keenan Pearce. (Instagram - @pevpearce )

Beberapa fans Raisa pun terlihat meluapkan komentar sindiran. "But he broke raisa's heart," tulis @anindyag. "Tapi matahin hati raisaa:((," ujar @amaradilaa. "But he broke her heart who got married with someone who the most perfect eaaa," ujar @pflilyy dengan nada seolah sedang menyindir.

Ada juga yang tak percaya kalau semasa kecil Pevita dan Keenan tak pernah bertengkar. "Emang ga pernah dibikin nangis sama kakaknya gara gara rebutan remot tv?" canda @rasusilo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Warna-warni Menara Eiffel Rayakan 300 Juta Pengunjung

Posted: 28 Sep 2017 10:10 PM PDT

Pertunjukan cahaya spesial menerangi Menara Eiffel di kota Paris, Kamis (28/9). Hal tersebut berkaitan saat ikon negara Prancis yang mulai dibuka pada 1889 tersebut merayakan 300 juta pengunjung. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pertunjukan cahaya spesial menerangi Menara Eiffel di kota Paris, Kamis (28/9). Hal tersebut berkaitan saat ikon negara Prancis yang mulai dibuka pada 1889 tersebut merayakan 300 juta pengunjung. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pengunjung berjalan di sekitar Menara Eiffel yang diterangi dengan huruf bertuliskan '300 juta terima kasih' di Paris, Kamis (28/9). Menara yang mulai dibuka pada 1889 itu merayakan 300 juta pengunjung dengan sejumlah pagelaran musik. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pengunjung berjalan di sekitar Menara Eiffel yang diterangi dengan huruf bertuliskan '300 juta terima kasih' di Paris, Kamis (28/9). Menara yang mulai dibuka pada 1889 itu merayakan 300 juta pengunjung dengan sejumlah pagelaran musik. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pertunjukan cahaya spesial menerangi Menara Eiffel di kota Paris, Kamis (28/9). Hal tersebut berkaitan saat ikon negara Prancis yang mulai dibuka pada 1889 tersebut merayakan 300 juta pengunjung. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pertunjukan cahaya spesial menerangi Menara Eiffel di kota Paris, Kamis (28/9). Hal tersebut berkaitan saat ikon negara Prancis yang mulai dibuka pada 1889 tersebut merayakan 300 juta pengunjung. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pengunjung berjalan di sekitar Menara Eiffel yang diterangi huruf '300 juta terima kasih' di Paris, Kamis (28/9). 1.500 pengunjung pertama diperbolehkan masuk gratis untuk menari di set DJ lantai pertama menara pada pukul 18.00-23.00. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pengunjung berjalan di sekitar Menara Eiffel yang diterangi huruf '300 juta terima kasih' di Paris, Kamis (28/9). 1.500 pengunjung pertama diperbolehkan masuk gratis untuk menari di set DJ lantai pertama menara pada pukul 18.00-23.00. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pengunjung mengambil gambar Menara Eiffel yang diterangi dengan huruf '300 juta terima kasih' di Paris, Kamis (28/9). Menara Eiffel adalah salah satu monumen terpopuler di dunia, menarik lebih dari 5,8 juta pengunjung tahun lalu. (LUDOVIC MARIN/AFP)

Pengunjung mengambil gambar Menara Eiffel yang diterangi dengan huruf '300 juta terima kasih' di Paris, Kamis (28/9). Menara Eiffel adalah salah satu monumen terpopuler di dunia, menarik lebih dari 5,8 juta pengunjung tahun lalu. (LUDOVIC MARIN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Kumpulkan Bungkus Permen, Wanita Ini Ciptakan Gaun Indah

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

Wanita cantik yang memiliki kreativitas yang tinggi ini mencoba mengubah untaian kertas berwarna-warni menjadi sebuah karya yang sangat unik. 

Dilansir dari Bored Panda, dengan berbahan dasar bungkus permen starbust, wanita yang bernama Emily Seilhamer selama empat tahun tekun dan sabar membuat sebuah gaun yang sangat cantik.

"Saya telah mengumpulkannya selama empat tahun untuk dapat membuat gaun ini. Setelah tersimpan cukup banyak, saya menyusunnya sesuai warna, menyetrikanya, melipatnya ke dalam jalinan, dan membuat untaian pembungkus permen," ujarnya. 

gaun unik terbuat dari permen

Setelah semua proses itu, bungkus permen kemudian dijahit menggunakan benang elastis hingga menjadi sebuah gaun. Tak hanya itu, Emily juga membuat sepatu, tas, dan gelang berwarna-warni yang memiliki warna senada dengan gaun buatannya.

Emily memiliki alasan sendiri melakukan hal yang butuh ketekunan itu. Ternyata hal ini ia lakukan karena ia memiliki suatu pengalaman yang selalu diingat dengan sang suami. Ya, memang permen starbust tersebut merupakan permen kesukaan suaminya.

Saat masih berstatus pacaran, pria itu memberikan satu kotak permen starbust kepada Emily. Dan pada saat itulah rencana pembuatan sebuah gaun dan aksesori lainnya itu dimulai.

Penulis:

Karen

Universitas Pancasila

 

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

I Made Pulih, Persib Bingung Tentukan Kiper Lawan Persiba

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

I Made Wirawan kembali masuk dalam skuat Persib Bandung dalam lawatannya ke markas Persiba Balikpapan, Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (1/10/2017) mendatang. Dia sudah pulih dari cedera setelah sebelumnya absen dalam dua laga terakhir tim berjuluk Maung Bandung.

Pelatih kiper Persib Bandung, Anwar Sanusi mengatakan salah satu keputusan dia membawa I Made lantaran sang pemain telah pulih dari cedera yang dialaminya.

Hasil pengamatan terakhir, I Made sudah bisa diturunkan dalam sebuah pertandingan. Dia bahkan memiliki peluang masuk sebagai pemain inti Persib di laga nanti.

"Kita bawa Made ke Balikpapan karena berdasarkan hasil pemeriksaan dan pemantauan yang dilakukan fisioterapis dan dokter tim, dilihat dari latihan juga dia (I Made) sudah dalam kondisi normal, tidak ada yang mengganggu, baik dari pergerakan dan kondisi fisiknya juga sudah bagus," kata Anwar.

Namun Anwar belum bisa memastikan siapa yang bakal diturunkan menjadi pemain inti saat menghadapi tim berjuluk Beruang Madu.

Dia menilai kiper Persib lainnya, M. Natshir memiliki peluang bermain yang sama, bahkan dalam beberapa pertandingan terakhir bersama Persib, M. Natshir sanggup menampilkan kemampuan terbaiknya.

"Kita belum bisa tentukan (pemain inti), masih ada waktu beberapa hari melihat kondisi kebutuhannya juga seperti apa jadi semua memiliki peluang," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perlakuan Ekspedisi Ini Bikin Ibunda Dhea Imut Sakit Hati‎

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

‎Kamera seharga Rp 229 juta milik Dhea Imut hilang saat dikirimkan jasa ekspedisi. Pihak jasa ekspedisi berdalih kamera tersebut sudah diambil seseorang bernama Totok Suhadi di kantor jasa ekspedisi Cabang Malang.

Padahal, kamera tersebut seharusnya dikirimkan jasa ekspedisi ke alamat yang dicantumkan Dhea Imut atas nama Bapak Toto atau Bapak Suhadi. Alhasil, berbagai kerugian pun dialami Dhea Imut.

"Selain harga kamera, tentunya ada kerugian lain. Harusnya kamera itu kan untuk syuting iklan, tapi karena hilang jadinya kami sewa. Ya, kerugian (tambahan) ada-lah puluhan juta," ujar ibunda Dhea Imut, Masayu Chairani di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017).

Meski begitu, Rani sebenarnya tak terlalu mempersoalkan kerugian materi yang dialaminya. Rani justru merasa sakit hati dengan perlakuan jasa ekspedisi yang lepas tangan atas kasus kehilangan kamera seharga Rp 229 juta tersebut.

"Masalah uang enggak terlalu gimana ya, tapi sakit hatinya pas saya tanya, malah ditantangin mereka. Mereka bilangnya sudah ada prosedur. Mereka enggak tahu saya siapa (ibu Dhea Imut), saya juga enggak bilang kalau saya siapa. Mereka tahunya saya cuma Ibu Rani," ucapnya geram.

"Masa ditagih gimana ini? Mereka bilang 'case closed' (kasus ditutup). Saya bilang juga, kalau enggak ditanggapi baik, saya akan konsultasi dengan pengacara saya. Mereka malah bilang, 'silahkan saja'," imbuhnya.

Oleh karena itu, pihak Dhea Imut sepakat akan menempuh jalur hukum jika hingga Senin pekan depan, pihak jasa ekspedisi belum menanggapi kasus ini dengan baik.

"Kami akan sangkakan mereka dengan Pasal 372 KUHP tentang penggelapan. Kami tunggu sampai Senin depan, kalau DHL tidak menanggapi lagi, kami langsung laporkan ke Polda Metro Jaya," ujar pengacara Dhea Imut, Henry Indraguna. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sketsa Wanita Telanjang Abad 16 Ditemukan, Cikal Bakal Mona Lisa?

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

Sebuah sketsa yang diarsir dengan charcoal atau arang, tersimpan selama 150 tahun bersama koleksi seni lainnya ditemukan. Masalahnya, gambar itu bukan sekedar sketsa biasa.

Para kurator seni menduga itu adalah cikal bakal sketsa lukisan Mona Lisa yang melegenda.

Potret yang diarsir dengan arang itu berupa perempuan bertelanjang dada yang dikenal dengan Monna Vanna. Lukisan itu dimiliki oleh studio Leonardo da Vinci.

Namun, para ahli menduga, baik Monna Anna maupun Mona Lisa dikerjakan oleh sang maestro sendiri. Demikian seperti dikutip dari BBC pada Jumat (29/9/2017).

Lantas, setelah sejumlah pengecekan di Louvre Museum, Paris, para kurator percaya bahwa sketsa itu "setidaknya ada sentuhan Leonardo."

Sketsa Mona Lisa telanjang itu disimpan semenjak tahun 1862 di koleksi Renaissance art di Museum Conde yang terletak di Palace of Chantilly, utara Paris.

"Gambar itu memiliki kualitas tinggi terutama di wajah dan tangan yang benar-benar luar biasa," kata kurator Mathieu Deldicque.

"Ini jelas bukan sekadar salinan lukisan belaka. Kami tengah mencari sesuatu yang dikerjakan secara paralel berkaitan dengan Mona Lisa yang menjadi misteri yang dibawa mati Leonardo," lanjutnya.

"Hampir bisa dipastikan sketsa itu adalah sebuah karya persiapan untuk lukisan cat minyak," tandas Deldicque.

Keyakinan bahwa sketsa itu masih memiliki keterkaitan dengan Leonardo dan Mona Lisa, kurator Deldicque membuat tiga kesimpulan.

"Tangan dan tubuh nyaris identik, potretnya juga berukuran sama," ujar Deldicque.

"Dan ada banyak lubang kecil di sekeliling figur yang kemungkinan digunakan sebagai dasar cetakan sketsa yang ditempel di kanvas untuk pengerjaan lebih lanjut," tambahnya.

Ahli konservasi dari Museum Louvre, Bruno Mottin membenarkan sketsa itu berasal dari masa hidup Leonardo, pada awal abad ke-16, dan merupakan "hasil karya seni dengan kualitas yang sangat tinggi."

Meski demikian, Mottin menemukan 'jejak berbeda' di atas kepala sketsa Monna Vanna.

"Ada arsiran yang dikerjakan oleh seseorang yang biasa bekerja dengan tangan kanan, sementara Leonardo menggambar dengan tangan kirinya," terang Mottin.

"Kita harus tetap berhati-hati," katanya kepada AFP. Saat ini pekerjaan untuk menelaah pemeriksaan sketsa itu masih berlanjut.

"Ini adalah pekerjaan yang akan memakan waktu lama," katanya. "Ini adalah gambar yang sangat sulit untuk dikerjakan karena sudah sangat rapuh."

 

 

Leonardo da Vinci (1452-1519) adalah salah satu maestro pelukis paling terkenal dari Italia di masa Renaissance. Mona Lisa adalah lukisan cat minyak -- yang dikenal dengan La Gioconda-- yang hingga kini dianggap karya yang paling dikenal dan bernilai tinggi.

Lukisan itu dipercaya merupakan pesanan saudagar kain dan sutra Francesco di Bartolomeo di Zanobi del Giocondo. Ia meminta sang seniman melukis istri ketiganya Lisa del Giocondo atau Lisa Gherardini. Hasil lukisan itu akan dipajang di rumah baru mereka, yang dibangun untuk merayakan kelahiran sang putra, Andrea.

Sang pedagang yang hidupnya makmur menikahi Lisa dengan status duda.

Dua istrinya telah lama tiada. Perempuan bangsawan asal Firenze tersebut dipersunting saat masih remaja, usianya kala itu baru 15 tahun.

Catatan sejarah menyebut, permintaan tersebut disampaikan pada 3 November 1507, meski sejumlah sejarawan berpendapat, da Vinci mulai menggarap lukisan itu pada 1503.

Da Vinci kemudian mengerjakan karyanya itu selama sekitar tiga tahun.

Ia kemudian menyimpan lukisan itu selama beberapa tahun, sebelum akhirnya merampungkannya pada 1519. Lukisan itu kemudian dibawanya saat pindah dari Italia ke Prancis, atas undangan Francois I.

Da Vinci akhirnya menjual lukisan itu pada sang raja seharga 4.000 ecus.

Tak jelas mengapa lukisan itu tidak diberikan pada pihak pemesan, Francesco del Giocondo atau pada istrinya, yang mungkin menjadi modelnya. Padahal, sang saudagar bisa jadi telah memberikan uang muka.

Apa pun, lukisan itu kelak menjadi salah satu misteri besar dalam dunia seni, yang membuat para sejarawan dan ilmuwan merasa perlu membongkar makam batu untuk menguak identitas sosoknya: Mona Lisa.

Mona Lisa berpindah tangan beberapa kali. Ia pernah menghuni Istana Versailles.

Lukisan itu juga pernah menghiasi ruang tidur Napoleon Bonaparte di Istana Tuileries dan Louvre. Pada 2014, Mona Lisa menemukan kediaman tetapnya di Musée de Louvre, Paris. Dan untuk melihatnya, lukisan itu dilindungi kaca anti-peluru demi mencegah vandalisme.

Misteri Mona Lisa

Selama lebih dari 500 tahun keberadaannya, tak ada lukisan yang semisterius Mona Lisa.

Spekulasi pun merebak, soal siapa sosok yang jadi modelnya. Atau apa istimewanya lukisan itu hingga Leonardo da Vinci menyimpannya hingga jelang akhir hayatnya.

Pada tahun 2005, penelitian yang dilakukan di Perpustakaan Universitas Ruprecht Karl Heidelberg mengidentifikasi Lisa del Giocondo sebagai subjek dari Mona Lisa.

Bahkan Mona Lisa disebut sebagai 'La Gioconda' dalam Bahasa Italia.

Para arkeolog bahkan sampai membongkar sebuah makam yang konon menyimpan jasad Lisa Gherardini Del Giocondo, istri seorang saudagar sutra kaya raya asal Italia yang diyakini sebagai model lukisan terkenal itu.

Tak semua sepakat. Ada yang menduga, ia adalah lukisan seorang pria, androgini -- maskulin juga feminin -- atau sosok penciptanya sendiri, Leonardo da Vinci.

Sementara, teori lain menyebut, Mona Lisa bisa jadi adalah lukisan ibu Leonardo da Vinci. Yang diduga seorang budak perempuan asal China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usia Ideal Seorang Perempuan Miliki Anak

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

Perempuan yang menikah dini (di bawah 18 tahun) berisiko menghadapi sejumlah masalah dalam kehamilannya kelak, termasuk risiko kematian yang menghantuinya.

Lantas usia berapakah sebaiknya perempuan memiliki anak menurut ahli kesehatan?

"Usia 20-23 tahun, di bawah 35 tahun, usia sangat bagus untuk reproduksi," ujar Spesialis obstetri ginekologi dari RSCM, dr. Julianto Witjaksono, Sp.OG (KFER) di Jakarta, Rabu.

Usia 20-35 tahun merupakan rentang usia reproduksi paling sehat pada manusia. Begitu juga dengan tingkat kenyamanan fungsi seksual.

Selain itu, tanda seks sekunder seperti vagina, ukuran rahim, payudara, siklus menstruasi dan emosional sudah matang.

Julianto mengatakan risiko menderita penyakit, mengalami kelainan saat hamil juga cenderung tak ada atau aman di rentang usia itu. (Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Membanggakan, Indonesia Dapat Penghargaan Destinasi of The Year

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

Pariwisata Indonesia kembali mendapat penghargaan internasional. Yang lebih membanggakan, penghargaan tersebut diterima di Thailand, yang notabene merupakan saingaan terbesar Indonesia dalam hal pariwisata di Asia Tenggara.

Penghargaan diberikan pada acara The 28th Annual TTG Travel Awards 2017. TTG sendiri merupakan media cetak khusus pariwisata yang sudah eksis sejak 1953. Sementara TTG Travel Awards adalah penghargaan bergengsi bagi industri travel se-Asia Pasifik yang sudah digelar sejak 1989. Acara tahunan itu bertujuan untuk menghormati organisasi dan individu dalam 4 kategori, di antaranya travel supplier, travel agency, outstandimg achievement, and travel hall of famr. Proses pemilihan pemenang sudah dilakukan selama 2 bulan, dari Mei sampai Juli 2017. Mereka meminta para profesional industri, termasuk pembaca TTG Asia, TTG Mice, TTg China, TTG India, TTG Bt Mice China, TTG associations dan TTG Asia Luxury untuk memberikan suaranya.

Ada dua sistem pemungutan suara, untuk kategori Travel Supplier Awards, suara diberikan oleh konsultan perjalanan, operator tur, dan perusahaan pengelola perjalanan. Sedangkan untuk kategori Travel Agency Awards, suara diberikan oleh para pelaku bisnis perhotelan, staf penerbangan, penyewaan mobil, operator penyiaran, organisasi pariwisata nasional, perusahaan GDS, dan semua profesional perjalanan lainnya.Sementara untuk kategori Outstanding Achivement Awards, Thailand selalu menjadi juaranya. Sejak 2010, Thailand juara tiga kali, yaitu pada 2012, 2013, dan 2016. Kemudian Singapura tercatat juara dua kali, yaitu pada 2010 dan 2011. Sedangkan kategori Travel Hall of Fame, diberikan kepada mereka yang sudah 10 kali juara. Ada 15 daftar travel hall of fame yang sudah tidak dipertandingkan lagi karena konsisten juara, yaitu Singapore Airlines, Singapore Changi Airport, Hertz Asia Pacific, Royal Cliff Beach Resort, Star Cruises, Abacus International, Silk Air, Lotte Tour, Hongkong International Airport, Raffles Hotel, Regal Airport Hotel, Banyan Tree Spa, Qatar Airways, Thai Airways, dan Thailand Convention & Exhibition Bureau.

"Tahun ini giliran Indonesia naik panggung," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (28/9/2017)."Kita akan mendapatkan Destination of The Year, itu penghargaan paling bergengsi dari TTG untuk negara. Dengan award itu, semakin memperkuat 3C kita, Calibration, Confidence, dan Credibility," ungkap Arief Yahya menambahkan.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derita WhatsApp di Negeri Tirai Bambu

Posted: 28 Sep 2017 10:00 PM PDT

Pemerintah Tiongkok akhirnya total memblokir WhatsApp, setelah sebelumnya hanya mengeblok aktivitas berkirim file di aplikasi pesan instan itu.

Tiongkok meningkatkan kapasitas firewall-nya untuk mendeteksi dan memblokir protokol NoiseSocket, yang dipakai untuk berkirim pesan teks di WhatsApp. Sebelumnya, pemblokiran dilakukan pada HTTPS/TLS yang dipakai layanan itu berkirim file foto atau video.

Keputusan ini menambah daftar panjang layanan digital yang diblokir di negara tersebut. Seperti diketahui, Tiongkok memblokir Facebook sejak 2009, begitu pula dengan Instagram--yang juga dimiliki oleh perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut.

Alasan Tiongkok memblokir WhatsApp, salah satunya adalah ingin memperketat penyensoran dalam rangka mempersiapkan kongres Partai Komunis yang akan dihelat pada 18 Oktober 2017 di Beijing. Demikian seperti dikutip dari laman Telegraph.

Sistem enkripsi WhatsApp sepertinya membuat otoritas Tiongkok 'gerah' karena banyak aktivis di sana menggunakan WhatsApp. Enkripsi end-to-end WhatsApp dinilai membuat pemerintah Tiongkok tak bisa memantau aktivitas (pesan teks, kirim dokumen, foto atau video) yang bergulir di WhatsApp.

Pesan enkripsi bisa dijadikan wadah propaganda bagi kalangan politikus tertentu untuk melawan pemerintah. Melalui pemblokiran ini pemerintah Tiongkok berharap tidak ada wadah rahasia (seperti WhatsApp) lagi di kalangan masyarakat.

Teknologi yang dipakai Tiongkok untuk memantau dan membatasi dunia maya adalah "Great Firewall". Sistem keamanan ini adalah bagian dari Golden Shield Project (Proyek Perlindungan Emas) atau juga disebut National Public Security Work Informational Project.

Sistem keamanan itu akan memblokir situs asing, aplikasi, media sosial, VPN, email, dan bahkan pesan instan yang dianggap kurang pantas dan mengancam pemerintah. Mulai dari pornografi, kekerasan hingga isu politik yang sensitif.

Tiongkok memang tengah memperketat pemantauan aktivitas online pada tahun ini, juga memberlakukan peraturan baru yang mewajibkan perusahaan teknologi menyimpan data pengguna di dalam negeri serta memberlakukan pembatasan terhadap konten.

Regulator cyberspace Tiongkok sempat mendenda perusahaan teknologi Baidu dan Tencent karena mengizinkan publikasi konten-konten terlarang, seperti pornografi, kekerasan, dan lainnya pada platform media sosial mereka.

Sementara situs web seperti Facebook, Twitter, Pinterest dan sejumlah media asing telah diblokir selama bertahun-tahun.

Di samping itu, pemblokiran terhadap WhatsApp juga disebut untuk mendorong pertumbuhan aplikasi pesan instan lokal, WeChat. Untuk diketahui, aplikasi milik Tencent itu telah mengantongi sekitar 963 juta pengguna aktif.

Saat Tiongkok memblokir WhatsApp secara penuh, banyak pengguna merasa terganggu, terutama para aktivis.

"Ketika mendekati kongres partai, saya pikir pihak berwenang akan menggunakan lebih banyak tindakan penyensoran yang ekstrem. Masyarakat tahu WeChat tidak aman," kata seorang aktivis terkemuka yang berbasis di Beijing, Hu Jia kepada AFP.

"Saya dan 'pembangkang' lainnya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Selama WhatsApp benar-benar tidak dapat diakses, kami sama sekali tidak bisa berkomunikasi," sambung Hu.

Awal bulan ini WeChat menginformasikan kepada penggunanya dalam sebuah kebijakan privasi baru bahwa mereka akan menyimpan, melestarikan, atau mengungkapkan data-data pengguna untuk mematuhi undang-undang atau peraturan yang berlaku.

Pengguna lain di Tiongkok mengaku pemblokiran WhatsApp akan menyulitkan mereka berkomunikasi dengan klien di luar negeri.

"Facebook, Twitter, Gmail, dan Viber diblokir, sekarang giliran WhatsApp. Ini akan mengurangi efisiensi industri perdagangan luar negeri," tulis salah satu pengguna di Weibo, situs jejaring sosial mirip Twitter di Tiongkok.

"Saya bisa hidup tanpa yang lain (Facebook, Twitter, Gmail, dan Viber), tapi tidak ada WhatsApp membuat saya gila," kata pengguna lain. Hingga saat ini WhatsApp belum berkomentar.

Untuk bisa beroperasi di Tiongkok, beberapa perusahaan teknologi asing harus mematuhi peraturan setempat. Salah satu perusahaan teknologi yang menyerah adalah Google, memilih untuk menarik diri sepenuhnya dari daratan Tiongkok pada 2010.

Selain Tiongkok, beberapa negara juga sempat memblokir WhatsApp. Organisasi nirlaba Freedom House melaporkan, WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang paling banyak diblokir. Aplikasi itu setidaknya sudah diblokir di 12 negara.

Beberapa negara yang diketahui pernah dan masih melakukan pemblokiran terhadap aplikasi ini adalah Brasil, Bangladesh, Iran, Arab Saudi, Turki, dan Pakistan.

Akan tetapi, pemblokiran tak sepenuhnya dilakukan pada seluruh layanan. Beberapa negara dilaporkan hanya menutup sementara atau sekadar memblokir layanan tertentu yang ada di WhatsApp.

Adapun alasan pemblokiran di tiap negara berbeda-beda. Brasil misalnya, melakukan pemblokiran karena WhatsApp dianggap gagal menyediakan informasi yang berkaitan dengan percakapan terduga pengedar narkoba.

Akibatnya, pengguna aplikasi itu sempat tak dapat menikmati layanan selama 12 jam. Sementara di beberapa negara, seperti Iran, fitur keamanan enkrispsi pada WhatsApp menjadi alasan kuat aplikasi itu diblokir.

Kemudian Arab Saudi memblokir layanan voice call pada WhatsApp dengan alasan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi negara lewat tiga operator seluler besar Arab Saudi, yakni Saudi Telecom Co, Etihad Etisalat, dan Zain Saudi.

Ketiga operator tersebut meraup keuntungan luar biasa dari layanan telepon internasional yang dilakukan oleh jutaan ekspatriat yang tinggal di negara tersebut.

Sebelumnya Tiongkok juga menutup semua akses aplikasi-aplikasi populer demi melindungi negaranya. Juga sebagai langkah antisipasi untuk melawan terorisme dan radikalisme.

Kebijakan pemblokiran aplikasi ini pun diakui oleh pemerintah Tiongkok. Aplikasi layanan pesan instan dan media sosial dianggap "menganggu" ranah digital Tiongkok. Mereka bahkan telah memblokir Facebook sejak 2009. Sebagai gantinya, pengguna internet di sana memakai media sosial Weibo.

Google juga harus pasrah karena produk besutannya diblokir tanpa ampun oleh Tiongkok pada 2010. Mulai dari mesin pencarian Google, Gmail, YouTube hingga Google Play.

Pun demikian, Android berkembang cukup pesat di Tiongkok. Namun, banyak pabrikan di sana tidak mengikutsertakan Play Store di perangkat mereka dan memilih mengembangkan toko aplikasi sendiri. Tiongkok juga menciptakan mesin pencari sendiri, Baidu, yang menjadi pilihan utama pengguna internet di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kemudian, akses Instagram juga diputus. Duduk perkara pemblokiran Instagram di Tiongkok bermula saat isu kekisruhan yang sedang berlangsung di Hong Kong, terkait demonstrasi pro-demokrasi pada 2014.

Kala itu, banyak demonstran di Hong Kong mengunggah foto dan video yang menampilkan aksi polisi kala tengah berusaha menghalau terjangan massa. Termasuk di antaranya foto dan video polisi Hong Kong yang menembakkan gas air mata pada demonstran.

Alasan Twitter diblokir di Tiongkok juga sama dengan Instagram, yakni menjadi medias sosial yang digunakan untuk unjuk rasa pro-demokrasi yang terjadi di Hong Kong.

Adapun sebagian besar aktivitas media sosial terkait unjuk rasa pro-demokrasi Hong Kong ditandai dengan tagar #occupycentral, yang sempat menjadi trending topic pada 2014.

Snapchat, aplikasi media sosial yang populer di kalangan milenial juga kena blokir. Larangan ini sepertinya juga untuk melindungi pasar lokal dari ancaman perusahaan teknologi asing. Begitu pula dengan Pinterest yang diblokir mulai tahun ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Perindustrian Gelar Fashion Show Tenun Donggala

Posted: 28 Sep 2017 09:59 PM PDT

Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ikut meramaikan Pameran Kriya Nusa yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dengan menggelar fashion show. Tema fashion show yang diangkat adalah Tenun Donggala, sesuai dengan program pengembangan tenun Dekranas pada 2017.

"Pada pameran Kriya Nusa ini, Ditjen IKM tidak hanya memfasilitasi booth pameran saja bagi para IKM, tetapi kami juga menggelar fashion show yang dilaksanakan pada tanggal 27 September 2017 jam 16.00 di panggung harian Hall B "ujar Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka, dan Kerajinan, Ditjen IKM Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum, di Jakarta Convention Center, Selasa (27/9/2017).

Menurut Ratna, Ditjen IKM bekerja sama dengan Dekranas untuk mengangkat Tenun Donggala agar semakin populer. "Pada tahun 2017 ini Kementerian Perindustrian bersinergi dengan Dekranas untuk mengembangkan Tenun Donggala asal Sulawesi Tengah. Terdapat 5 lokus yang menjadi target pengembangan tenun Ditjen IKM, yaitu Kabupaten Simalungun dan Tapanuli Utara di Sumateran Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan di NTT, Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah, dan Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat. Kami telah melakukan pendampingan dan fasilitasi alat untuk meningkatkan kualitas dan mutu kain tenun agar lebih fashionable dan berdaya saing. " ucap Ratna.

Ia menyatakan, Ditjen IKM menggandeng desainer untuk menjadikan kain tenun Donggala bernilai tambah tinggi dan menjadi produk fashion yang kekinian."Kami menggandeng para desainer agar Tenun Donggala semakin populer dan mendapatkan value added yang lebih tinggi. Dengan sentuhan desainer, kain tenun Donggala akan semakin menarik dan fashionable. Pada kesempatan ini kami menggandeng desainer Nita Seno untuk merangcang kain-kain tenun Donggala karya para perajin tenun dan menampilkannya pada fashion show Pameran Kriya Nusa" kata Ratna.

Pagelaran busana Tenun Donggala mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, terutama para pengurus Dekranas yang turut hadir menyaksikan fashion show tersebut.

Ratna mengharapkan, dengan digelarnya fashion show tersebut, masyarakat dapat semakin mengenal tenun Donggala, mengingat Indonesia memiliki berbagai jenis kain tenun dari berbagai daerah yang sangat menarik. "Kami harap melalui pagelaran busana yang kami fasilitasi pada Pameran Kriya Nusa ini, tenun Donggala akan semakin populer dan berdaya saing, sehingga akan meningkatkan permintaannya yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan para perajin tenun Donggala," ujarnya.(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Denada Dicibir Gara-Gara Goyang Seksi, Ini Reaksi Emilia Contessa

Posted: 28 Sep 2017 09:50 PM PDT

Sejak merilis videoklip bersama JFlow yang berjudul "De Nada", penyanyi Denada harus menghadapi kontroversi publik. Media sosial Instagramnya pun seakan tak henti dihinggapi kritik hingga cibiran warganet.

Padahal, Denada tak merasa ada yang salah dengan goyangan yang ia lakukan di videoklip tersebut. Sang ibu, Emilia Contessa, bahkan menjadi saksi pembuat videoklip yang dianggap meniru milik Nicki Minaj itu.

Denada dalam video klip lagu

"Mama ada di situ waktu aku syuting. Dia nemenin. Aku bersyukur, dikasih sama Allah, aku dapat ibu punya passion yang sama kayak aku," ujar Denada dalam acara Dear Haters Liputan6.com di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (28/9/2017).

Hal tersebut menjadi bukti bahwa ibunya sendiri tidak keberatan dengan penampilan Denada di videoklip kontroversial itu. "Dia benar-benar mengerti, fully support (mendukung penuh) aku. Semua project aku, aku omongin sama mamaku. Mama tahu semua," lanjut Denada.

Namun, cibiran yang telanjur membanjiri Instagram Denada tak dimungkiri juga menyakiti hati Emilia Contessa. Meski tak pernah mengungkap secara gamblang, Denada mengerti betul perasaan yang terpendam di hati sang ibu.

Ibunda Denada yang juga anggota DPD RI, Emilia Contessa, saat wawancara di ruang kerjanya, Gedung DPD RI, Jakarta, Senin (29/6/2015). Emil memberikan keterangan mengenai perceraian Denada dengan sang suami, Jerry Aurum. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

"Cuma of course, tapi mungkin enggak pernah ngomong, sebagai seorang ibu, dia punya medsos, dia baca. Ya kalau aku sih sebagai seorang ibu, aku ngebayangin saja (jika sang anak dicibir), aku ngerti," kata Denada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arief Yahya Ajak Diaspora dan KBRI Bangkok Benchmark Thailand

Posted: 28 Sep 2017 09:48 PM PDT

Juara dunia video pariwisata, juara di 46 events dari 22 negara, juara dimana-mana rupanya belum membuat Menppar Arief Yahya berbangga diri. Dia masih saja ngotot untuk mengejar reputasi Thailand sebagai negara pariwisata di regional ASEAN.

Karena itu, Menteri Arief meminta kepada Dubes RI untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi untuk mempelajari secara khusus pariwisata Thailand. "Quick wins nya, memahamikelebihan Thailand dalam menangani keamanan, kuliner, street food dan homestay dulu," kata Menpar Arief Yahya di Kantor KBRI Bangkok, 28 September 2017.

Arief Yahya menyebut, kuliner dan street food Thailand itu sangat terkenal di dunia. Di hampir semu negara di dunia, restoran Thai sangat terkenal dan ramai. Rasanya cocok untuk lidah manapun juga, baik di Asia, Eropa, Australia maupun Amerika. "Kita belajar dari Thailand, bagaimana mereka membuat dan menjadi seperti sekarang," katanya.

Soal homestay, Arief Yahya juga sering menggunakan contoh sukses Thailand. Bagaimana pengelolaannya? Apa peran pemerintah, pengusaha, dan masyarakat? "Kita herus belajar dari sukses Thailand, karena mereka sudah kita tetapkan sebagai musuh professional," katanya lagi.

Menpar Arief juga meminta diapora maupun KBRI belajar soal keamanan Thailand. Ini merespons atas dua penanya yang menyebut pelayanan dan jaminan keamanan di Thailand terhadap wisatawan itu sangat baik. "Tolong pelajari, kita mau belajar! Nanti PIC kita adalah Kiki (Rizki Handayani, Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN, red)," sebut Arief Yahya.

Mengapa Menpar Arief meminta KBRI mempelajari pariwisata Thailand? Pertama, Presiden Joko Widodo sudah menetapkan pariwisata sebagai core economy bangsa. "Tiga tahun berturut-turut, Pariwisata jadi leading sector. Bahkan tahun 2018 nanti, tiga prioritas utama pemerintah adalah pertanian, pariwisata dan perikanan," ujar Arief Yahya.

Kalau Presiden Jokowi sendiri sudah menetapkan pariwisata sebagai core economy bangsa, maka secara otomatis semua sektor harus support. "Karena itu, Pak Dubes pun harus membantu mengembangkan pariwisata secara Indonesia Incorporated," ungkap dia.

Sejak dilantik, Ahmad Rusdi Dubes RI di Thailand itu memang sudah bergerak di pariwisata, Pria kelahiran Pekalongan itu turun langsung ke lapangan, dan mencari banyak info kepariwisataan. "Dengan senang hati, kami akan bantu, Thailand tahun kemarin audah 32 juta wisman," kata Dubes Ahmad Rusdi.

Dubes Ahmad Rusdi rupanya sangat paham, Wonderful Indonesia juara di mana-mana. Termasuk soal video pariwisata Indonesia The Journey of a Wonderful World yang juara di UNWTO saat General Assembly di Chengd, Tiongkok.

Ahmad Rusdi juga mengangguk-angguk ketika Menpar Arief Yahya menjelaskan soal Indonesia jadi the fastest growing on tourism industry yang dirilis telegraph. Pertumbuhan wisman Indonesia menembus hampir 24%, sedangkan regional ASEAN 6% dan dunia juga 6%.

Di ujung diskusi, Menpar Arief meminta segera dibentuk tim atau ditunjuk PIC yang mempelajari industri pariwisata Thailand yang hebat. "Saya ingin banyak mendengar, saya ingin banyak belajar," ungkap dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Egy Maulana Berhasrat Main di Liga Champions

Posted: 28 Sep 2017 09:45 PM PDT

Gelandang serang timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri memiliki impian yang tinggi sebagai pesepakbola. Egy berhasrat membela klub elite Eropa agar bisa merasakan atmosfer pertandingan di ajang Liga Champions.

Remaja 17 tahun itu tengah jadi pusat perhatian sejak tampil di Piala AFF U-18 di Myanmar beberapa waktu lalu. Meski timnas U-19 hanya meraih medali perunggu, Egy sukses mencatatkan namanya sebagai pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak turnamen dengan delapan gol.

Kepada Liputan6.com, dia bercerita soal perjuangannya merantau dari Medan ke Jakarta agar bisa membela Timnas Indonesia. Jika berhasil membela tim Merah Putih, tentu tawaran bermain di klub besar untuk Egy Maulana akan datang dengan sendirinya.

"Karena Jakarta pusatnya. Di sini ada seleksi klub dan timnas juga TC di sini. Awalnya saya diajak Pak Bagja," kata Egy menceritakan peran orangtua asuhnya Subagja dalam program Corner6 Liputan6.com, Kamis (28/9/2017).

Usahanya untuk menjadi pemain sepak bola yang sukses juga tak muluk-muluk seperti rajin berlatih, berdoa, dan terus memperbaiki kelemahan. Namun, Egy menegaskan dia melakukannya sungguh-sungguh.

"Mimpi saya main di klub profesional di luar negeri biar bisa main di Liga Champions. Jadi langkah-langkah yang ada di benak saya menuju ke sana paling pertama perbaiki mental, karena lawan di Eropa besar-besar. Berdoa juga jangan ditinggal dan kerja keras jangan leha-leha," kata Egy Maulana.

 

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, menemui wartawan saat tiba di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (20/9/2017). Timnas U-19 kembali ke tanah air setelah berhasil meraih peringkat ketiga Piala AFF U-18. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Penggemar Lionel Messi tersebut juga paham memberikan yang terbaik di tiap pertandingan belum tentu mengantarkannya ke Eropa. Dia ingin belajar mengolah bola seperti Messi agar membantu timnya meraih kemenangan.

"Messi itu tipe pemain yang susah ditebak. Kalau saya masih jauh dari dia," kata Egy yang enggan disamakan dengan idolanya itu.

"Tapi saya pasti tidak pernah puas jadi pemain. Saya selalu memberikan yang terbaik di lapangan, tapi tetap harus banyak belajar ke depannya. Saya masih harus perbaiki fisik, pertahanan dan ketenangan d depan gawang," ucap anak tengah dari tiga bersaudara tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini Minta Pertamina Pesan Kapal ke BUMN

Posted: 28 Sep 2017 09:45 PM PDT

PT Pertamina (Persero) hari ini melakukan penandatanganan dengan sejumlah BUMN di sektor industri alat berat dan perkapalan di Kementerian BUMN. Ini merupakan kesepakatan dalam hal pembuatan dan perawatan kapal yang dioperasikan Pertamina.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, selama ini ada beberapa kapal yang dioperasikan Pertamina, tetapi dibeli dari luar negeri. Padahal, dengan besaran kapal tertentu, BUMN di industri perkapalan mampu membuat kapal tersebut.

"Saya dorong terus agar kita bisa kerja sama di bidang perkapalan. Saya tahu, Pertamina banyak order kapal, tapi kok tidak pernah order ke Dok-dok kita atau ke Barata," kata Rini di Kementerian BUMN, Jumat (29/9/2017).

Dalam hal ini, Pertamina menjalin kerja sama dengan PT PA (Persero), PT Dok Koja Bahari (Persero), PT Djakarta Lloyd (Peresro), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), PT Industri Kapal Indonesia (Persero) dan PT Barata Indonesia (Persero).

Rini mengingatkan Pertamina bahwa BUMN perkapalan saat ini sudah banyak berubah, terutama dalam hal manajemen perusahaan serta kemampuan perusahaan dalam membuat berbagai kapal. Oleh sebab itu, tidak ada alasan bagi Pertamina untuk kali ini menggandeng BUMN perkapalan itu.

Tidak hanya berpesan kepada Pertamina, Rini juga mengingatkan kepada BUMN perkapalan dan alat berat untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan kualitasnya.

"Saya terus menekankan kepada BUMN perkapalan bahwa kalau tidak bisa, ya kerja sama. Kita sebagai perusahaan bukan untuk buat satu, tapi 100. kita bisa kok bikin sendiri, tetapi ada kalanya kita harus kerja sama," katanya.

Salah satu bentuk kerja sama dengan PT PAL, di antaranya adalah dalam hal perawatan kapal-kapal yang dimiliki Pertamina dan pengoperasian dok perkapalan yang dimiliki Pertamina di Sorong, Papua Barat.

Pertamina sendiri pada 2018 telah menganggarkan US$ 200 juta untuk pembuatan kapal-kapal baru. Hal ini untuk menunjang operasional perusahaan lebih efektif dan efisien. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barista Dunia Meriahkan Hari Kopi Internasional di Lampung

Posted: 28 Sep 2017 09:45 PM PDT

Anda pecinta kopi? Penasaran dengan racikan kopi kelas dunia? Nah, bagi yang ingin mencicipi citarasa kopi kelas dunia, baiknya Anda kosongkan pada 29 September – 1 Oktober 2017. Ada Hari Kopi Internasional yang akan dihadiri 60 barista dunia di Lampung.

Bagi yang mengaku penikmat kopi sejati, ayo datang ke Lampung. Kenikmatan kopi robusta Lampung sudah terbukti mampu menembus pasar dunia. Karena kopi, Gubernur Provinsi Bouira di Aljazair datang ke Lampung. Dijamin, selalu saja ada cerita menarik setiap mengunjungi kota ini. Terutama saat menikmasi sensasi seduhan dan aroma kopi, baik di restoran modern hingga warung kaki lima.

"Semuanya bisa dinikmati saat Hari Kopi Internasional 29 September hingga 1 Oktober 2017 yang dipusatkan di Bandarlampung dan Tanggamus," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Ferynia, di Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Kamis (28/9/2017).

Akan ada pengalaman istimewa bagi semua yang datang. Karena di even ini, daerah penghasil kopi Indonesia lainnya juga ikut ambil bagian. Selain itu, juga ada acara menarik lainnya, seperti talkshow, tour the coffee knowledge berupa wisata agro di Dusun Penginyongan, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus. Rangkaian acara juga kejuaraan Barista Nasional 2017, terdiri atas tiga kategori yaitu manual brewing, coffee cup testing robusta, dan latte art.

"Dijamin seru. Nanti ada 60 peserta barista internasional, 24 peserta lomba brewing, 18 peserta lomba latte, dan 18 peserta cup test dari Yogyakarta, Medan, Sulawesi Barat, dan Jakarta. Lampung akan diwakili Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus dan Lampung Utara," tambahnya.

Yang diundang juga orang-orang top. Dari mulai Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, 20 duta besar, serta 18 Gubernur penghasil kopi se-Indonesia, diundang ke acara ini.

Saking okenya, sejumlah negara buyer asal Eropa, Asia, dan Amerika juga memastikan siap hadir, termasuk para duta besar negara sahabat. "Minum kopi di tengah tamu-tamu internasional pasti memberikan sensasi beda. Makanya jangan sampai ketinggalan. Ayo ke Lampung," ajak Ferynia.

Rangkaian acara dimulai pada hari Jumat (29/9) pukul 19.00 di Paradise Hall, Hotel Novotel, dengan mengundang peserta dan masyarakat untuk menikmati lebih dari 1.000 cup kopi gratis. "Acaranya dikemas rileks agar tercipta suasana menikmati kopi sesungguhnya. Ada pagelaran tari dari Kabupaten Lampung Barat. Sebagai penghasil kopi robustas terbaik, Lampung Barat bakal tampil all out di acara ini," tambahnya

Keesokan harinya, Sabtu (30/9), peserta diajak berwisata kopi ke kebun PT Nestle, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus. Di sana peserta mendapat penjelasan tentang budi daya kopi berstandar internasional. Perseroan Terbatas (PT) Nestle Indonesia akan membagikan 60.000 bibit kopi unggul yang mampu menghasilkan 1 ton per hektare.

Selanjutnya, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Fivardo mengajak masyarakat menikmati kopi gratis di Hotel Novotel lewat acara bertajuk "Ngupi Pay". Pada gelaran ini, tampil berbagai produk kopi dari berbagai sentra di Indonesia dengan grade terbaik. "Ini momen yang tepat bagi penikmat memuaskan selera kopi berkualitas,"ujar Gubernur Ridho.

Penikmat kopi juga dihibur dengan pemutaran film Filosofi Kopi dan pemilihan Duta Kopi yang disaring dari lima kampus ternama Lampung, di Hotel Novotel pada hari Sabtu (30/9/2017).

"Seluruh rangkaian acara dikemas agar peserta tetap mengingat Lampung sebagai produsen kopi robusta terbaik di Indonesia, bahkan dunia," tambahnya

Bagi Menpar Arief Yahya, gelaran even ini bisa menjadi ajang daya tarik wisatawan ke Lampung dan untuk menjadikan atraksi ini menjadi lebih mendunia. Arief Yahya juga mengapresiasi keinginan Gubernur Lampung yang akan segera mengembangkan konsep wisata terpadu dengan pertanian atau agrowisata seperti yang sukses diterapkan di Thailand.

"Benchmark-nya akan diadaptasi dari kesuksesan agrowisata Suphattra Land yang terletak di Ban Khai, Thailand. Mereka sangat terkenal dan sukses mengelola perkebunan buah-buahan dan berhasil menjadi eksportir komoditas hortikultura di dunia," ungkap Arief Yahya yang pagi ini, langsung terbang ke Bangkok, Thailand.

Peluangnya dinilai sangat besar. Maklum, Lampung merupakan eksportir kopi terbesar Indonesia. Semua kopi yang enak-enak ada di sana. "Termasuk Kopi Luwak. Asalnya itu dari Lampung. Selain kopi, Lampung juga bisa kembangkan wisata komoditas buah-buahan tropis lainnya, seperti pisang dan nanas. Ini akan jadi atraksi yang menarik," pungkasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Tetapkan Top 3 Prioritas Pengembangan ‘10 Bali Baru’

Posted: 28 Sep 2017 09:42 PM PDT

Kemenpar terus menggenjot pengembangan 10 destinasi prioritas atau lebih dikenal dengan nama '10 Bali Baru.' Yang terbaru, ada top 3 prioritas yang dipersiapkan untuk mempercepat pengembangan Danau Toba Sumut, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu dan Kota Tua DKI Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Tengger Semeru Jatim, Mandalika Lombok, Labuan Bajo Komodo NTT, Wakatobi Sultra, dan Morotai Maluku Utara.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (27/9), mengaku sudah menyiapkan formula ampuhnya. Semua dimonitor. Semua dipetakan critical success factornya. Hasilnya, masing-masing daerah punya top 3 program prioritas yang berbeda-beda.

"Kita terus memonitor dan menggenjot segala persiapan menyangkut 10 destinasi prioritas yang bergerak di 3A baik segi atraksi, amenitas dan aksebilitasnya," kata Dadang Rizki Ratman.

Percepatannya mengarah ke peningkatan infrastruktur dan aksesibilitas. Utamanya fasilitas bandara, pelabuhan, jalan, hingga energi. Promosi kepada calon investor juga ikut dilakukan. Dan semuanya, tetap mengacu pada top 10 program prioritas Kemenpar 2018 yaitu digital tourism, homestay desa wisata, airlines, branding, top 10 originasi, top 3 destinasi utama, pengembangan 10 DPP, sertifikasi kompetensi SDM, gerakan sadar wisata, serta pengelolaan crisis center.

Tahun 2018, Kemenpar fokus pada pelaksanaan tiga dari 10 program prioritas itu, yakni digital tourism, homestay desa wisata, dan airlines. "Nantinya Top 3 Prioritas ini akan menjadi acuan dan ukuran measurement bagi setiap tim pokja percepatan 10 destinasi Bali baru," tambahnya

Danau Toba misalnya. Saat ini, Dadang mengaku sudah menyiapkan 3 prioritas andalan. Yang pertama, persiapan akhir penerbangan Internasional perdana Bandara Silangit yang rencananya akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2017. Nomor duanya percepatan pembangunan jalan tol Medan-Tebing Tinggi. Dan yang ketiga, peningkatan kualitas air Danau Toba.

Tanjung Kelayang juga sama. Dari mulai pengusulan Geopark Nasional, International Flight Bandara HAS Hanandjoedin hingga pengembangan homestay desa wisata, sudah disiapkan untuk mempercepat pengembangan destinasi yang disebut-sebut tak kalah dari Phuket, Thailand itu. "Top 3 prioritasnya bermuara pada penataan destinasi kelas dunia, terawat indah dan sustainable. Arahnya semua ke sana," tambah Dadang.

Menpar Arief Yahya pun makin pede. Makin optimistis bisa mengejar target 15 juta wisman di 2017. "Berbagai jurus dan strategi yang kita lakukan telah membuahkan hasil yang cukup signifikan. Tak terkecuali progress pengembangan 10 destinasi prioritas juga semakin kita kebut. Dan ini diperlukan komitmen penuh para CEO untuk solid dan bersinergi satu sama lain agar kita bisa bekerja semakin cepat. Seperti yang selalu saya singgung, bahwa 50% sukses pariwisata daerah itu berasal dari CEO Commitment. Keseriusan, keberpihakan, dan kejelasan pimpinan daerahnya dalam mengurus pariwisata," kata Menpar Arief Yahya. (*)

TOP 3 Prioritas Pengembangan 10 Bali Baru

Danau Toba1. Persiapan Akhir Penerbangan Internasional Bandara Silangit2. Jalan Tol Medan -Tebing Tinggi3. Kualitas Air Danau Toba

Tanjung kelayang1. Pengusulan Geopark Nasional2. International Flight Bandara HAS Hanandjoedin3. Pengembangan Homestay Desa Wisata

Borobudur1. New Yogya International Airport di Kulonprogo2. Jalan Tol Bawen-Yogyakarta3. KA Bandara Adi Soemarno Solo

Wakatobi1. Pengembangan Bandara Wakatobi2. Peningkatan Konektivitas Udara3. Penataan Kawasan Sombu Dive dan Puncak Toliamba

Morotai1. Pengembangan Bandara Pitu Morotai2. pembangunan Infrastruktur didalam kawasan KEK3. pembangunan Infrastruktur diluar KEK

Tanjung Lesung1. jalan Tol Serang-Panimbang2. Bandara Banten Selatan3. Re-aktivasi KA Rangkasbitung Labuan

Kepulauan Seribu dan Kota Tua1. Jakarta Sewerage System2. Peningkatan Kapasitas Energi di kep Seribu3. Homestay Desa Wisata

Bromo Tengger Semeru1. Tol Malang-Pandaan2. Tol pasuruan-Probolinggo3. Homestay Desa Wisata

Mandalika1. Pembangunan Masjid Agung2. Penataan Kawasan Pantai Mandalika3. Pembangunan Toilet dan penanganan sampah di Rinjani

Labuan Bajo1. Pengembangan Bandara Komodo2. Pembangunan Kawasan Marina dan Pelabuhan Labuan Bajo3. Pengelolaan Sampah Terpadu

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Dukung Vokalis Payung Teduh Hentikan Cover Lagu Akad

Posted: 28 Sep 2017 09:40 PM PDT

Maraknya cover lagu "Akad" di dunia maya sempat membuat resah pihak manajemen Payung Teduh. Pasalnya, banyak pihak yang mengkomersialkan videonya dengan menggunakan lagu "Akad" tanpa seizin pihak manajemen Payung Teduh.

Alhasil, Payung Teduh pun mengambil tindakan sampai akhirnya cover lagu "Akad" di dunia maya pun sudah mulai berkurang jumlahnya. Mohammad Istiqamah Djamad alias Is selaku vokalis Payung Teduh sempat melontarkan keresahan tersebut melalui unggahan video di Instagram @pusakata, belum lama ini. Ia menyampaikannya sebelumnya beberapa video cover lagu "Akad" yang dikomersialkan tanpa izin diturunkan penayangannya.

Is Payung Teduh

Rupanya semua itu tak lepas dari dukungan istri Is sendiri, Agnes Purwanti. Melalui Instagram @agnespur, ia mengunggah ulang video sang suami. Namun, ia menjabarkan maksud dari sang suami yang mewakili keresahan manajemen Payung Teduh itu lewat keterangan videonya.

"Ibarat kita punya buku nih. Si A minta izin pinjem buku kita, kita kasih, baru si A ambil buku kita buat dibaca. Ada lagi si B. Waktu kita lg meleng, si B ambil buku kita. Pas kita ngeh buku kita ngga ada, si B nyeletuk, "Buku lu gua pinjem. Santai aja sih entar juga gw balikin." Kira-kira lebih enak minjemin buku ke si A apa si B?" tulis istri vokalis Payung Teduh itu, belum lama ini.

 

 

Is vokalis Payung Teduh dan istrinya, Agnes Purwanti. (Indonesia - @pusakata)

"Nah video ini maksudnya bukan ga boleh sama sekali cover lagu. Yg ditegur @pusakata itu yg kyk si B, malah smp tahap mbajak alus (karya dipake utk keperluan komersil). Hargailah setiap org yg berkarya dengan tidak membajak karyanya," ia melanjutkan.

Lebih jauh, istri Is Payung Teduh menjelaskan makna di balik lirik lagu "Akad" yang sebenarnya. Ia pun terkesan menyindir beberapa pihak yang menyanyikan cover lagu "Akad" dengan mengubah liriknya.

"P.S: tau ngga kenapa di lagu pake kata 'istriku' bukan 'milikku'? Niat bikin lagu ini memang utk mendukung org yg akan menikah. Spesifik utk menikah, bukan pacaran. Khawatir kalo pake kata 'milikku' nanti dipake org buat nembak (ngajak pacaran). Yg bikin lagu ngga mau ngajakin org rame2 maksiat, ngga mau kena murka Allah. Jadi tolong lirik lagunya ngga usah diganti-ganti ya dan mohon pergunakan dgn bijak," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jawara UNWTO Award di Wonderful Indonesia Tourism Awards 2017

Posted: 28 Sep 2017 09:31 PM PDT

Video Promosi Pariwisata Indonesia, "Wonderful Indonesia: The Journey to A Wonderful Indonesia" yang menjadi juara di ajang UNWTO Tourism Video Competition mendapatkan kehormatan di Birawa Hall Hotel Bidakara Jakarta, Rabu, (27/9/2017).

Perhelatan tersebut mendapatkan apresiasi tinggi di depan para hadirin yang hadir dalam acara Wonderful Indonesia Tourism Awards yang juga menjadi rangkaian Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) III Pariwisata Indonesia. Dalam acara tersebut, semua mata tertegun melihat video berdurasi 3 menit itu.

Siapa yang di balik suksesnya video itu?

Selain Menteri Pariwisata Arief Yahya, tentu saja sang sutradara Condro Wibowo dan kedua pemerannya David John Schaap dan Widika Sidmore.Widika yang datang dengan gaun cantik dengan rambut terurai menceritakan pengalamannya saat proses syuting video yang sukses menyabet dua kategori sekaligus yaitu UNWTO Video Competition 2017 Region East Asia and Pacific dan kategori People's Choice Award.

"Tentunya sangat bahagia. Tidak ada kata-kata yang bisa mengutarakan betapa bangganya kerja keras kita mendapatkan recognition di mata dunia," ujar wanita yang lahir di Denpasar 25 tahun lalu itu. "Tapi of course ini juga tidak mengagetkan buat saya, secara indonesia memang se cantik dan seistimewa di dalam video-video Wonderful Indonesia, dan Indonesia pantas menerima dua penghargaan di UNWTO itu," lanjutnya.

Wanita yang juga model internasional itu menceritakan kesan-kesan beragam cerita, kejadian unik, serta kesulitan yang dialaminya bersama team saat syuting yang dikerjakan selama satu bulan nonstop itu.

"Semua lokasi-lokasi ada keistimewaan nya tersendiri. Tidak ada yang bisa disamakan maupun dibandingkan satu sama lain. It was never been easy for us. Tapi karna kita mengerjakan semua dengan tekun dan hati sebagai keluarga, semua tantangan menjadi ringan. Jadi bisa kebayang dong, betapa terkagumnya kita setiap kali melihat lokasi-lokasi ini untuk pertama kalinya," katanya.

Sementara itu sang sutradara Condro Wibowo mengaku dirinya mengerahkan 34 orang untuk melakukan produksi video Wonderful Indonesia itu selama satu bulan. "Awards ini adalah bonus, yang penting kami senang dulu. Tempat dengan view terbaik pastinya di Raja Ampat, lalu yang sedikit sulit itu ketika kami mau naik ke Kawah ijen dan langsung mendaki ke Rinjani di Lombok, tapi semuanya senang kami semua seperti keluarga sendiri," ujarnya.

"Next-nya kami sedang membuat video lagi untuk tahun depan, belum bisa saya bocorkan. Bisa jadi 10 destinasi prioritas pariwisata yang sudah ditetapkan pemerintah," tambah Condro.

Visualisasi video makin apik dengan latar belakang lagu hit dunia What A Wonderful World yang dinyanyikan oleh Louis Armstrong. Terkait lagu What A Wonderful World, pria kelahiran Jakarta tahun 1973 ini mengaku itu adalah permintaan khusus dari Menpar Arief Yahya. Saat itu Menpar Arief Yahya mengatakan lagu tersebut benar-benar menggambarkan Pariwisata Indonesia.

"Ini juga menjadi tantangan tersendiri juga bagi kami. Sebelumnya saya sudah ada Backsound sendiri. Begitu Pak Menteri menyodorkan sebuah lagu, kami harus menyelaraskan dengan visual yang bisa menyatu dengan lagu itu," ungkapnya.

Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya, mengaku bangga atas prestasi dunia ini. Menpar Arief juga bangga akan prestasi anak-anak bangsa yang pintar mengemas sumber daya alam, keindahan nusantara yang tak ada duanya. Mereka mengalahkan professional lain dari seluruh penjuru dunia.

"Ini pahlawan kita, silahkan berdiri, terima kasih David dan Widika kamu membuat bangsa ini bangga di dunia. Juga Satu lagi condro sang sutradara handal. anak muda ini. Karena itu, kami sangat appreciate kemenangan ini, sebagai promosi yang sangat efektif," papar Menpar Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerak Cepat Warga Keluarkan Bocah di Garut yang Ditahan Pihak RS

Posted: 28 Sep 2017 09:31 PM PDT

Tidak perlu menunggu lama lagi, pasien Rumah Sakit Nurhayati Garut, Dede Alif (3), akhirnya bisa pulang ke rumahnya. Sebelumnya, dia dikabarkan ditahan pihak rumah sakit karena orangtuanya tidak memiliki dana untuk membayar biaya perawatan anaknya yang diopname selama lima hari karena kejang.

Setelah mendapatkan kabar tertahannya Dede di RS, membuat Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, dan jurnalis Garut, Jawa Barat, secara spontan menggalang dana bantuan untuk memulangkannya.

"Masalah itu sudah jadi persoalan krusial yang kerap terjadi di Jabar. Persoalan kecil yang sebenarnya bisa ditangani manakala pemimpinnya memiliki komunikasi publik. Artinya, terbuka terhadap pengaduan," ujar Dedi melalui sambungan telepon, Jumat (29/9/2017).

Menurut Dedi, persoalan itu tidak selayaknya terjadi jika pihak rumah sakit legawa dan bijak melihat keadaan ekonomi pasien. Dengan kondisi itu, dirinya langsung tergerak membantu pasien Dede Alif. Terlebih sudah banyak pemberitaan penahanan pasien Dede Alif oleh pihak rumah sakit ini.

"Diperlukan pemimpin-pemimpin di daerah membuat ruang mengadu. Hal-hal kecil ditahan, dua hari urusan 3 juta atau 4 juta. Mudah selesai kalau punya ruang," kata dia.

Ia mencontohkan, bagaimana terbukanya ruang pengaduan masyarakat di wilayahnya Purwakarta dengan membuka layanan SMS center. Sehingga saat ada permasalahan seperti yang menimpa pasien, seperti pada kasus Dede, maka masalah tersebut bisa segera diselesaikan.

"Pelayanan kesehatan untuk masyarakat tak hanya terbatas pada BPJS. Bisa juga iuran BPJS-nya dibayar pemerintah untuk masyarakat miskin," kata dia.

Dengan adanya ruang pengaduan itu, persoalan yang dihadapi masyarakat bisa segera ditangani dengan baik oleh pemerintah setempat. "Nanti buat perjanjian, jika Bupati sibuk bisa instruksikan ke camat atau kades. Kalau camat atau kadesnya tak kasih laporan, beri sanksi," ujarnya.

Selain mengkritisi buruknya pelayanan di Garut, Dedi tak sungkan memberikan donasi sejumlah uang kepada keluarga Dede yang diberikan melalui wartawan di Garut untuk membantu biaya pengobatan. Dia berharap kasus serupa tak kembali terulang.

Tak hanya bantuan dari Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, kalangan jurnalis Garut pun turut rembuk membantu meringankan beban Dede Alif. Total hingga pagi ini, urungan dana bantuan yang akan diberikan untuk Dede Alif mencapai Rp 2 juta.

"Ya bentuk keprihatinan saja, daripada menunggu bantuan dari pemerintah Garut yang lambat, ya kami buat inisiatif sendiri," ujar ketua PWI Garut Aef Hendy.

Aksi yang dilakukan para awak media peliput di Garut itu, terdorong secara manusiawi. Apalagi, Dede sudah dua hari tertahan karena ibunya Iyet Rahmawati (29), tak mampu membayar biaya pengobatan sebesar Rp 2,5 juta yang diminta pihak rumah sakit swasta itu.

"Hari ini kami akan langsung serahkan ke keluarga pasien Dede Alif atau kalau belum juga dibayar akan kami bayarkan ke pihak RSU Nurhayati," ujar dia.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, pasien Dede Alif, akhirnya diizinkan pulang pihak rumah sakit, sejak pukul 23.00 Kamis malam, setelah pihak Kepala Desa Karangsari bersedia menjadi penanggung jawab pembayaran.

Simak video pilihan berikut ini:

Ilustrasi Foto kelahiran Bayi (iStockphoto)

Juru bicara Rumah Sakit Umum (RSU) Nurhayati, Garut, Jawa Barat, Yusep Mulyana, membantah jika lembaganya dituding menahan kepulangan Dede Alif, (3), pasien miskin asal kampung Cibolerang RT/RW 01/07, Desa Karangsari, Karang Pawitan, Kabupaten Garut.

"Jadi persoalan yang sebenarnya kami tidak menahan pasien, tapi menunggu suami atau ayah dari pasien yang sekarang masih di Tasik. Itu pun permintaan ibunya, bukan dari kami (menahan)," ujarnya kepada Liputan6.com.

Menurut dia, tidak ada upaya penahanan terhadap seluruh pasien, termasuk pasien warga miskin. Namun lantaran tidak adanya penanggung jawab pihak pasien, akhirnya pihak rumah sakit memberikan tenggang waktu. "Tadi sekitar pukul 18.00 Magrib pihak kepala desa sudah datang ke rumah sakit dan siap menjadi penjaminnya," kata dia.

Dengan upaya itu, Yusep menegaskan pasien Dede Alif (3) yang telah dinyatakan sehat dari penyakit kejangnya itu sudah bisa diperbolehkan meninggalkan rumah sakit secepatnya. "Tergantung pihak keluarga pasien, malam ini juga jika keluarga pasiennya meminta kami izinkan," kata dia.

Yusep menambahkan, di tengah keterbatasan ekonomi keluarga pasien, ia meminta pihak Desa Karangsari segera membantu untuk mendaftarkan keluarga pasien Dede Alif mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

"Kasihan, jadi mohon buatkan kartu KIS, agar jika terjadi lagi bisa sedikit membantu pasien," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ISIS Rilis Rekaman yang Diyakini Merupakan Suara al-Baghdadi

Posted: 28 Sep 2017 09:31 PM PDT

Militan ISIS merilis sebuah rekaman audio yang diyakini sejumlah pihak merupakan suara pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi.

Dalam rekaman itu, ia membicarakan sejumlah hal, salah satunya adalah uji coba misil Korea Utara yang mengancam Jepang. Ia juga membahas tentang pertempuran ISIS di Mosul, yang pada akhirnya dimenangkan oleh pasukan Irak pada Juli 2017.

Selain Mosul, ia juga berbicara tentang pertempuran di Raqqa dan Hama di Suriah, serta Sirte di Libya. Dalam hal itu mengatakan bahwa pertumpahan darah tak akan sia-sia. Ia juga berbicara tentang perundingan damai di Suriah yang ditengahi Rusia.

Pemimpin yang beberapa kali dikabarkan tewas itu, tak terlihat di publik sejak Juli 2014.

Dikutip dari BBC, Jumat (29/9/2017), ia terakhir kali muncul di muka umum adalah saat memberi ceramah di Masjid Agung al-Nuri di Mosul. Kala itu, ia diproklamirkan sebagai pemimpin tertinggi ISIS.

Seorang juru bicara pasukan Amerika Serikat yang bertempur melawan ISIS, merespons rekaman suara terbaru tersebut. Pria itu mengatakan bahwa tanpa adanya bukti kematian Abu Bakr al-Baghdadi, pihaknya menganggap bahwa ia masih hidup.

Sementara itu seorang juru bicara Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki rekaman tersebut.

"Kami tahu adanya rekaman audio yang diklaim merupakan suara Abu Bakr al-Baghdadi dan saat ini mengambil keputusan untuk memeriksanya. Meski kami tak memiliki alasan untuk meragukan keasliannya, kami tak punya verfikasi saat ini," ujar dia.

Rekaman suara dengan durasi 46 menit itu di-posting oleh sebuah website yang berkaitan dengan ISIS. Rekaman itu merupakan yang pertama sejak November 2016.

 

Sejumlah pihak memperkirakan bahwa Baghdadi kemungkinan bersembunyi di sepanjang perbatasan Irak-Suriah yang masih dikuasai ISIS. Hanya segelintir orang yang benar-benar mengetahui di mana keberadaan pemimpin ISIS itu.

Hal tersebut membuat AS kesulitan mencari al-Baghadadi. Negeri Paman Sam itu sampai mendedikasikan pasukan khusus yang secara terus menerus mencari keberadaannya.

Pada Juni 2017, Rusia melaporkan bahwa Baghdadi kemungkinan besar telah tewas dalam serangan angkatan udara Rusia di Raqqa pada 28 Mei 2017. Seorang pejabat Iran menegaskan bahwa ia tewas dalam serangan itu.

Namun klaim kematiannya Baghdadi pernah ada sebelumnya. Laporan tersebut pun diperlakkan dengan skeptis oleh pejabat AS.

Meski hingga saat ini belum diketahui nasib Baghdadi, laporan koresponden BBC meyakini bahwa setidaknya ia masih hidup pada akhir Agustus.

Hal tersebut sesuai dengan pandangan badan-badan intelijen barat dan Pemerintah Irak, yang selalu skeptis terhadap klaim Rusia yang menyebut bahwa pihaknya telah menewaskan Baghdadi dalam serangan udara.

Seperti pemimpin al-Qaeda Dr Ayman al-Zawahiri, pemimpin ISIS keberadaanya sangat dirahasiakan dan jarang berkomunikasi. Diyakini mereka tak ada dalam posisi untuk secara langsung mengarahkan operasi yang sedang berlangsung.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Lucunya Detik-Detik Bocah Tepergok Curi Popcorn Pangeran Harry

Posted: 28 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pangeran Harry bereaksi saat memergoki Emily Henson mengambil popcornnya saat acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Pangeran Harry pun mengganggu bocah itu  dengan memasang wajah isengnya. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry bereaksi saat memergoki Emily Henson mengambil popcornnya saat acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Pangeran Harry pun mengganggu bocah itu dengan memasang wajah isengnya. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry menyingkirkan popcorn saat Emily Henson hendak mengambil lagi disela acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Seperti merasa canggung, Emily pun mengangguk-angguk dengan menggemaskan. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry menyingkirkan popcorn saat Emily Henson hendak mengambil lagi disela acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Seperti merasa canggung, Emily pun mengangguk-angguk dengan menggemaskan. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Seorang bocah bernama Emily Henson mencoba mengambil lagi popcorn Pangeran Harry dalam acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Harry pun mengizinkan Emily untuk berbagi popcorn dan menyuapinya. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Seorang bocah bernama Emily Henson mencoba mengambil lagi popcorn Pangeran Harry dalam acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Harry pun mengizinkan Emily untuk berbagi popcorn dan menyuapinya. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry mengambilkan Emily Henson popcorn dan menyuapinya ketika acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Bocah itu merupakan anak atlet David Henson yang juga meruapakn rekan Pangeran Harry. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry mengambilkan Emily Henson popcorn dan menyuapinya ketika acara Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Bocah itu merupakan anak atlet David Henson yang juga meruapakn rekan Pangeran Harry. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry saat bercengkrama dengan Emily saat menyaksikan Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Aksi tersebut menjadi viral lantaran banyak yang gemas melihat interaksi Pangeran Harry dengan Emily. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

Pangeran Harry saat bercengkrama dengan Emily saat menyaksikan Invictus Games 2017 di Toronto, Kanada, Rabu (27/9). Aksi tersebut menjadi viral lantaran banyak yang gemas melihat interaksi Pangeran Harry dengan Emily. (CHRIS JACKSON/GETTY IMAGES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Coba Internasional, Timnas Indonesia Tantang Kamboja

Posted: 28 Sep 2017 09:30 PM PDT

Timnas Indonesia akan melakoni laga internasional melawan Kamboja pada 4 Oktober 2017. Pertandingan bertajuk FIFA Matchday tersebut digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Kamboja tidak hanya membawa timnas seniornya ke Indonesia. Sebab, timnas U-19 Indonesia juga dijadwalkan bertemu Kamboja U-19 dalam pertandingan persahabatan.

"Agenda uji coba ini cukup menarik karena selain tim senior, kami juga memainkan laga Timnas U-19. Semua persiapan sudah dimatangkan dan para pelatih akan segera mengumumkan nama-nama pemain yang akan tampil pada pertandingan ini," kata Gatot Widakdo, Kepala Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI dalam rilis resmi yang diterbitkan pada Kamis (28/9/2017).

Timnas U-19 akan membuka pertandingan melawan Kamboja U-19 pada pukul 18.00 WIB. Untuk selanjutnya, giliran timnas senior Indonesia yang tampil pukul 21.00 WIB.

Pertemuan antara Timnas Indonesia dan Kamboja di uji coba resmi internasional sebelumnya pernah terjadi 8 Juni 2017 lalu. Skuat Garuda menang dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak oleh Irfan Bachdim dan Gian Zola Nasrulloh.

Laga melawan dengan Kamboja nantinya juga akan jadi uji coba kelima milik timnas senior di sepanjang 2017. Di bawah kepelatihan Luis Milla Aspas, Bachdim dan kawan-kawan telah mengecap sekali kekalahan 1-3 dari melawan Myanmar, menang 2-0 atas Kamboja, dan imbang tanpa gol dengan Puerto Rico dan Fiji.

Bagi timnas U-19, pertandingan persahabatan kali ini merupakan penampilan perdana mereka sejak pulang dari Piala AFF U-18 di Myanmar. Partai melawan Kamboja dijadikan Egy Maulana dan kawan-kawan sebagai bagian dari persiapan tampil di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 di Korea Selatan.

Suporter Timnas Indonesia membentangkan bendera raksasa saat menyaksikan laga persahabatan antara Indonesia melawan Fiji di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (9/2). Laga berakhir imbang 0-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Lima pertandingan terakhir Kamboja:

5 September 2017, Kamboja 1-2 Vietnam

14 Juni 2017, Kamboja 1-0 Afganistan

8 Juni 2017, Kamboja 0-2 Indonesia

28 Maret 2017, Jordan 7-0 Kamboja

22 Maret 2017, Kamboja 2-3 India

Lima pertandingan terakhir Indonesia:

2 September 2017, Indonesia 0-0 Fiji

13 Juni 2017, Indonesia 0-0 Puerto Rico

8 Juni 2017, Kamboja 0-2 Indonesia

21 Maret 2017, Indonesia 1-3 Myanmar

17 Desember 2016, Indonesia 0-2 Thailand

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Kabar Wall Street Journal Tutup Edisi Cetak Eropa dan Asia

Posted: 28 Sep 2017 09:30 PM PDT

Satu lagi surat kabar internasional yang memutuskan tutup akibat persaingan era digital. Adalah surat kabar Wall Street Journal yang mengumumkan keputusan untuk berhenti mencetak edisi Eropa dan Asia. Hal ini akibat pendapatan iklan yang makin menurun.

Dilansir dari theguardian, Jumat (29/9/2017), edisi terakhir Wall Street Journal di Eropa terbit pada Jumat ini (29/9/2017). Sementara edisi cetak terakhir di Asia akan dirilis satu minggu setelahnya.

Alih-alih menutup perusahaan secara total, Wall Street Journal akan melakukan perubahan gaya bisnis. Mulai tahun lalu, Wall Street Journal lebih menyesuaikan dengan selera pembaca dengan mempermudah akses berita lewat ponsel.

Rencana yang disebut sebagai WSJ 2020 tersebut juga akan menggabungkan beberapa bagian dari media cetak Wall Street Jorunal. Alhasil, sebagian staf dari perusahaan ini juga harus dirumahkan.

Perusahaan induk media cetak tersebut, News Corp, melaporkan kerugian sebesar US$ 643 juta untuk tahun fiskal terakhir. Angka ini lebih parah dibanding tahun sebelumnya dimana Wall Street Journal bisa mencetak keuntungan US$ 235 juta.

Edisi cetak Wall Street Journal di Asia terbit pertama kali pada tahun 1976. Sedangkan edisi cetak Eropa meluncur tahun 1983. Surat kabar milik raja media Rupert Murdoch ini menjadi salah satu rujukan informasi bagi pelaku pasar.

Adapun perusahaan media cetak pertama yang menyatakan gulung tikar adalah Tribune Co. yang mengajukan perlindungan kepailitan pada awal Desember 2008.

Sirkulasi dan pendapatan iklan cetak yang terus merosot drastis membuat perusahaan pemilik Chicago Tribune, Los Angeles, Times, dan enam surat kabar lainnya itu--yang berawak 16 ribu karyawan--kemudian memfokuskan bisnis mereka di media online. Tribune Co. lalu mengalami reorganisasi besar-besaran. 

Puncak terpuruknya media cetak karena digerus era digital adalah pada 2009. Di tahun itu, 105 surat kabar ditutup, penjualan iklan cetak turun 30 persen pada kuartal I 2009, dan 23 dari 25 surat kabar terbesar melaporkan penurunan sirkulasi antara 7 sampai 20 persen setiap tahunnya.

Tak hanya di Amerika, rangkaian kisah kematian media cetak juga terjadi di Inggris, menimpa koran ternama The Independent dan mingguan Independent on Sunday. Edisi terakhir keduanya terbit pada 20 dan 26 Maret 2016.

Tak hanya di luar negeri, di Indonesia pun sudah banyak koran dan majalah yang megap-megap, lalu berhenti terbit. Melambungnya ongkos cetak dan distribusi, serta jumlah pembaca dan pendapatan iklan yang terus merosot, jadi bencana di saat konten gratis bertebaran di Internet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Derby Romero dan Kekasih Akan Menikah 14 Oktober 2017

Posted: 28 Sep 2017 09:30 PM PDT

Dua tahun Derby Romero dan Claudia Adinda merajut asmara. Pada momen Natal tahun lalu, Derby pun melamar kekasihnya sebagai tanda dirinya serius menjalani hubungan.

Derby Romero sempat menyembunyikan tanggal pernikahannya dengan Claudia Adinda. Namun, sebuah Instagram gosip @lambeturah mengunggah foto undangan pernikahan pemain film Petualangan Sherina ini.

 Dalam unggahan foto di sebuah tempat yang berhias lampu keduanya nampak begitu mesra. Pasangan yang tengah mabuk asmara itu ciuman bibir di sekitar berhias lampu-lampu dan rumput. (Instagram/miss_adinda_mae)

Dalam undangan tersebut tertuliskan nama kedua calon pengantin, Derby Nainggolan dan Claudia Adinda. Ada juga foto mereka dalam bentuk lukisan.

Derby Romero dan Claudya Adinda akan melangsungkan pemberkatan pada 14 Oktober 2017 pukul 16.30. Pesta akan digelar pada pukul 19.00.

Sayangnya, tempat berlangsungnya acara bahagia itu tak diberitahu. Instagram gosip ini pun menutup alamat yang tertera dalam undangan tersebut.

Dalam akun Instagram pribadinya, kekasih Derby Romero ini pun mengunggah lukisan yang sama dengan undangan. Rupanya itu merupakan foto prewedding yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

"Best pre-wedding present! Given & hand drawn by my super talented bestie @ykhaamelzThank you so much for this extraordinary present & making it so beautiful We will forever cherish this Love You Always," tulis Claudya Adinda, Kamis (28/9/2017).

 Derby Romero dan Claudia Adinda

Doa pun mengalir dari warganet untuk Derby Romero dan Claudya Adinda memenuhi kolom komentar. Mereka mendoakan agar keduanya langgeng.

"Semoga lancar sampai hari yg spesial tiba, semoga selalu diberi kesehatan, perlindungan, serta limpahan rezeki dan kebahagiaan dari Tuhan Amin," tulis akun @rezky_nurfadilah.

Akun @dhindaalmahdii menimpali, "Congrats kak,semoga lancar sampe hari H."

"Congrats kak derby kak @miss_adinda_mae . lancar sampe hari-H On your wedding day. Goodluckk," tambah akun @alima_siva18

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperlu Apa Membersihkan Pori-Pori Wajah?

Posted: 28 Sep 2017 09:30 PM PDT

Berbagai produk mengklaim bisa membersihkan kotoran membandel di pori-pori wajah. Mulai dari scrub, plester pengangkat komedo, dan masih banyak alat lainnya. Akan tetapi, apa perlu membersihkan pori-pori?

Pori-pori wajah itu seperti saluran telinga yang dirancang untuk membersihkan diri. Alhasil, kebanyakan orang membiarkan saja tak masalah, dan hanya membersihkan wajah sudah cukup.

Lantas apa yang membuat komedo bermunculan di pori-pori? Ada berbagai alasan kotoran tersumbat sehingga komedo terbentuk di bawah kulit. Komedo itu sebagian besar terdiri dari kulit mati dan kotoran.

Hormon, bakteri, atau terkadang terlalu sering membersihkan wajah bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Inilah penyebab umum jerawat.

Hal ini karena ketika pori-pori tersumbat, ada tekanan pada kelenjar minyak yang kemudian bisa pecah, melepaskan minyak yang mengganggu. Inilah yang menyebabkan lesi merah dikenal sebagai jerawat.

Itulah alasan agar tidak terlalu memencet blackhead (komedo) karena dapat menyebabkan kelenjar minyak pecah, menyebabkan reaksi yang lebih buruk lagi.

Anda bisa membeli alat khusus pengangkat komedo untuk menghindari pecahnya komedo di bawah kulit. Ada juga jel resep medis yang bisa membersihkan pori-pori. Produk yang mengandung vitamin A menghentikan penebalan pada kulit yang melapisi pori-pori sehingga tidak menghalangi kelenjar minyak, yang menyebabkan jerawat.

Beberapa orang memang memiliki pori-pori genetis yang lebih besar dan lebih mencolok, dan pori-pori menjadi lebih besar seiring bertambahnya usia.

Meski pori-pori makin membesar, ini bukan berarti pori-pori lebih cenderung terisi kotoran. Satu-satunya masalah adalah beberapa orang tidak menyukai pori-pori mereka yang lebih besar.

Ada beberapa langkah untuk membersihkan pori-pori.

Inilah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan pada wajah agar pori-pori bersih seperti dilansir Medicalxpress, Jumat (29/9/2017).

1. Apabila kulit Anda normal (tidak ada jerawat dan pori-pori yang tidak menonjol), Anda hanya perlu membersihkan wajah dengan lembut untuk menghindari iritasi kulit, yang bisa menyebabkan pori-pori Anda tampak lebih besar.

Menggunakan air panas bisa memerahkan wajah dan bikin kulit kering. Jadi basuhlah wajah dengan air suam-suam kuku atau dingin. Gunakan pembersih yang lembut, tapi jika kulit Anda kering, Anda tidak perlu menggunakan pembersih.

Keringkan wajah dengan handuk lembut dan jangan menggosoknya. Hal ini bisa mengiritasi pori-pori dan menyebabkannya bengkak dan memblok.

2. Jika Anda berjerawat, menggunakan exfoliant kimiawi, seperti alpha hydroxy atau beta hydroxy acid bisa mengelupaskan kulit mati tanpa harus menggosoknya. Artinya tidak ada kerusakan pada pori-pori.

Jika Anda berlebihan, kulit akan kering dan mulai mengelupas secara bertahap. Menghentikan sementara pemakaian pembersih lebih baik, daripada hanya memakai pelembab, yang bisa menambah penyumbatan pori-pori.

Beberapa perawatan kecantikan justru bisa berefek negatif pada kulit wajah.

1. Steaming: memanaskan wajah bisa membuat pembuluh darah menonjol dan menyebabkan rosacea (ruam merah). Minyak lebih mudah larut dan hilang dari wajah, jika Anda benar-benar memiliki kulit berminyak, itu akan mengering.

2. Facial brush: facial brush akan mengelupaskan kulit Anda, risikonya adalah pori-pori akan membengkak karena iritasi, menyebabkan lebih banyak penyumbatan.

3. Facial scrub: gel, krim, pembersih dan scrub yang mengandung partikel kecil yang mengelupas kulit wajah Anda juga bisa menyebabkan pembengkakan dan menghalangi pori-pori.

4. Pore strip:Plester pori-pori mengeluarkan zat yang terkumpul di pori-pori. Mereka mengangkat isi pori lebih cepat dari yang seharusnya, tapi mereka relatif lembut di pori-pori dibandingkan dengan scrub. Bagaimanapun, cara ini membiarkan kulit lebih sensitif.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lima Pertanda Mobil Mulai Loyo

Posted: 28 Sep 2017 09:27 PM PDT

Bagi para petrol head, memiliki dan menikmati mobil merupakan sebuah ritual yang menyenangkan. Namun, kebahagiaan tersebut bisa saja sirna dalam sekejap, terutama saat Anda mulai merasakan mobil kehilangan performa yang seharusnya ada dalam setiap putaran mesin.

Sebelum semua potensi tenaga mesin sirna, Anda bisa mengenali lima gejala mesin mobil Anda melemah. Berikut pertanda mesin mobil melemah, dilansir dari auto.howstuffworks.com.

1. Bahan Bakar Tersumbat

Saat Anda menginjak pedal gas sedalam mungkin, namun mobil masih terasa lambat. Bisa saja masalah tersebut akibat tidak optimalnya pasokan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Bisa saja injektor mampat, ada kebocoran di saluran, atau fuel pump mulai melemah.

2. Knalpot Mengeluarkan Asap

Knalpot yang berletup-letup atau berasap menunjukkan terlalu banyak campuran bahan bakar, atau percikan busi terlalu lemah, keduanya menjadi indikasi tenaga mesin melemah.

Letupan api pada knalpot menunjukkan banyaknya sisa campuran udara dan bahan bakar yang tidak terbakar di dalam ruang pembakaran, sehingga terbakar di ujung knalpot. Jika Anda merasa performa mobil menurun akibat ini, saatnya untuk memeriksakan ke bengkel langganan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Saat berhenti menunggu lampu merah, apakah Anda merasakan getaran mobil lebih keras dari biasanya? Jika Anda merasakannya, dan mobil terasa tidak normal, bisa jadi mesin mobil Anda pincang. Banyak hal yang menyebabkan mesin mobil pincang, mulai dari matinya busi, hilangnya kompresi, atau bahkan bocornya head gasket.

4. Kotornya Filter Udara

Sama halnya seperti manusia, mesin membutuhkan udara segar untuk melakukan pembakaran. Semakin kotornya filter udara, artinya semakin sulit mesin mendapatkan pasokan udara segar, terlebih lagi jika kotoran sudah memenuhi filter sehingga mesin sulit bernapas. Untuk memeriksa filter udara tidaklah sulit, Anda bisa melakukannya sendiri dengan membaca buku manual.

5. Cek Panel Instrumen

Simbol check engine menyala di panel instrumen menjadi tanda pertama mobil Anda bermasalah. Menyalanya simbol ini menandakan adanya masalah pada mobil Anda, seperti catalytic converter, sensor oksigen, dan masalah berpotensial lainnya. Pastikan Anda datang ke bengkel terpercaya untuk mengatasi masalah yang satu ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossa dan Arief Yahya Hebohkan Wonderful Indonesia Tourism Awards

Posted: 28 Sep 2017 09:27 PM PDT

Wonderful Indonesia Tourism Awards 2017 di Hotel Bidakara, (27/9/2017), ditutup sempurna oleh duet Rossa dan Menpar Arief Yahya. Tampil dengan gaun putih dengan pernak pernik berlian yang anggun, Rossa tak lupa membawakan lagu "Pesona Indonesia". Setelah itu, salah satu diva pop Indonesia itu mengajak Menpar Arief Yahya mendampingi untuk duet membawakan lagu "Aku Bukan Untukmu".

Duet dadakan itu sanggup membuat penonton larut dalam keharmonisan lagu cinta tersebut. Layaknya pasangan duet Anang Hermansyah dan Ashanti, kedua mata Menpar Arief Yahya dan Rosa saling beradu pandang penuh kemesraan.

Berikutnya, Rossa membawakan lagu "Ayat-ayat Cinta" yang juga membuat audiens senyap tertegun keindahan lirik lagu tersebut. Dan kemeriahan Wonderful Indonesia Tourism Awards 2017 ditutup Rossa dengan laguSakura.

Rossa yang juga mendapat penghargaan sebagai penyanyi Pesona Indonesia mengatakan, dirinya mengenal Menpar Arief Yahya sejak menjabat Dirut PT Telkom. Rossa mengaku bangga turut berpartisipasi dalam kemajuan pariwisata Indonesia.

"Saya sangat apresiasi dan bangga mendapatkan kepercayaan Kemenpar membawakan lagu Pesona Indonesia. Apalagi lagu itu menjadi lagu promosi pariwisata Indonesia. Semoga pariwisata Indonesia makin jaya dan tumbuh pesat di bawah kepemimpinan Pak Arief Yahya," kata Rossa.

Acara yang dibalut dalam gala dinner ini dibuka dengan penampilan tari konteporer yang menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia dan tari Saman khas Gayo, Aceh. Dilanjutkan dengan paparan Menteri PariwisataArief Yahya yang melaporkan poin-poin penting dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III yang berakhir sore hari sebelumWonderful Indonesia Tourism Awards digelar.

Puncaknya, 9 awards yang diberikan untuk Artist dan Sutradara Video WI Pemenang UNWTO Video Awards, Pemeran Utama Video WI, Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA), Green Hotel Awards, PenghargaanPokdarwis, Penghargaan Homestay, Penghargaan Community Based Tourism(CBT), dan Sayembara Desain Restoran Arsitektur Nusantara.

Di Wonderful Indonesia Tourism Awards 2017, Menpar juga mengingatkan agar Indonesia siap-siap menyongsong dua events besar di 2018. Yang pertama, Asian Games di Jakarta dan Palembang pada tanggal 18 Agustus- 2 September 2018. Setelah itu, Annual Meeting IMF-WB di Bali pada 12-14 October 2018 di Bali yang diperkirakan akan dihadiri 18.000 delegasi dari 189 negara.

"Ini momen penting bagi Indonesia dan juga pariwisata Indonesia. Ini membuktikan negara kita stabil dan aman karena mendapatkan kepercayaan dunia menjadi tuan rumah dua acara akbar itu," ungkap Menpar Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BLK Ambon Tingkatkan Sinergi dengan Dunia Industri

Posted: 28 Sep 2017 09:24 PM PDT

Balai Latihan Kerja (BLK) Ambon terus meningkatkan sinergi dengan dunia industri. Upaya ini dilakukan dengan dibentuknya Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan Industri Daerah (FKLPID) BLK Ambon.

Dengan terbentuknya FKLPID tersebut, diharapkan alumni pelatihan BLK Ambon memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Selain itu, FKLPID juga membantu mereka agar lebih cepat terserap pasar kerja.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas antara lembaga pelatihan kerja dengan industri dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya," ujar Dirjen Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, di acara Pengukuhan Pengurus FKLPID BLK Ambon di Ambon, Kamis (28/9/2017).

Pengukuhan FKLPID BLK Ambon diikuti oleh 42 orang yang mewakili 42 industri di Kota Ambon. Dengan adanya forum komunikasi ini, Satrio yakin bahwa pelatihan di BLK Ambon akan lebih sinergis dengan industri setempat.

"Manfaat dari kegiatan ini dapat terjalin sinergi antara BLK dan industri dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Provinsi Maluku, sesuai dengan potensi daerah yang dimiliki," ucap Bambang.

Sinergitas tersebut juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan industri setempat akan kebutuhan tenaga kerja kompeten.

"Dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja jangka pendek, maka pelatihan vokasi sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Blok Masela Maluku Barat Daya," kata Bambang.

Ia pun mengapresiasi komitmen industri lokal dalam pembentukan FKLPID tersebut dan meminta dunia industri untuk tidak menjadikan investasi SDM sebagai beban. Investasi SDM harus dilihat sebagai sebuah perencanaan jangka panjang dunia industri.

"Perlunya industri mengalokasikan dana melalui pengembangan pelatihan di wilayah Provinsi Maluku," ujar Bambang.(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Erupsi Gunung Agung, Wisatawan Disiapkan Bandara Alternatif

Posted: 28 Sep 2017 09:22 PM PDT

Fenomena alam yang terjadi di Pulau Dewata Bali terus dipantau Kemenpar. Berbagai skenario dipersiapkan, sebagai antisipasi jika hal buruk terjadi. Tentu, harus berkoordinasi dengan semua pihak yang bergerak bersama-sama. "Semua bergerak, BNPB, Kepolisian, Kemenhub, Kemenkes, Pemprov Bali, AP I, dan lainnya dengan spirit Indonesia Incorporated," kata Menpar Arief Yahya.

Tim Crisis Center Kemenpar sudah sejak minggu lalu bergerak, menurunkan tim STP Nusa Dua Bali di lapangan. Memberikan laporan harian, ke Gedung Sapta Pesona, dan di ekskalasi hingga menteri, setiap saat. "Customer kita adalah wisatawan, dan Bali adalah 40% pintu masuk Wisman ke tanah air, sudah tentu kita juga ikut turun," ucapnya.

Soal transportasi dan alternatifnya, baik darat, laut maupun udara, statemen Menpar Arief memperkuat Kemenhub. Karena pemerintah satu suara, satu koordinasi, dan bergerak bersama. "Dengan asosiasi, seperti PHRI, Asita, dan lainnya juga sudah berkoordinasi, untuk mengantisipask segala kemungkinan?" kata Arief Yahya.

Termasuk permintaan harga diskon khusus kepada wisman yang "terjebak" di Bali saat liburan. Pengalaman Gunung Raung yang erupsi dan membuat Bandara Ngurah Rai off juga bisa dijadikan referensi. "Overland kalau dikelola dengan baik, bisa berdampak positif juga," kata Arief Yahya.

"Untuk keselamatan penerbangan, Kami sudah mengantisipasinya dengan semua stake holder terkait, jika satelit mengatakan sudah terjadi erupsi dan terdeteksi dari udara dengan valid, maka pesawat dari manapun juga akan kami alihkan jalurnya dan pendaratannya. Hal ini juga sudah kami koordinasikan dengan para menteri perhubungan Eropa dan Asia di acara ASEM TMM ini," ujar Presiden Direktur AirNav Indonesia Novie Royanto Raharjdo di sela-sela acara Asia Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM TMM) di Hotel Westin Nusa Dua pada Selasa (26/9/2017).

Sekadar informasi, acara ASEM TMM ini merupakan acara yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu mendukung berbagai agenda di bawah koordinasi Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Asdep Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah. Lebih lanjut Novie menambahkan, jika erupsi nantinya sudah mengganggu penerbangan di Bandara Ngurah Rai, pihaknya juga akan mengevekuasi wisatawan ke bandara lain dengan moda tranportasi darat.

"Erupsi ini kehendak Tuhan, kita sebagai manusia hanya menyerahkan yang Maha Kuasa. Namun, jika memang terjadi letusan dan Erupsi, kita sudah mempersiapkan bus dengan semua pihak terkait dan bisa kembali menerbangkan wisatawan ke manapun tujuan mereka, terima kasih juga dukungan Kemenpar di acara ini, karena dengan acara ini semangat Indonesia Incorporated dari semua pihak terkait dapat dibicarakan di pertemuan ini," kata Novie. Hal senada diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Kata Menhub, pihaknya telah menyiapkan 10 Bandara untuk mengantisipasi peningkatan aktifitas Gunung Agung.

"Ada sepuluh bandara yang kita siapkan untuk mengantisipasi erupsi Gunung Agung yaitu di Jakarta, Makassar, Surabaya, Balikpapan, Solo, Ambon, Manado, Praya, Kupang, Banyuwangi. Kesepuluh bandara tersebut sebagai bandara alternatif bagi pesawat yang melayani rute penerbangan ke Bandara Ngurah Rai yang ditutup apabila terdampak debu vulkanik Gunung Agung. Namun demikian Budi Karya Sumadi berdoa semoga letusan Gunung Agung apabila pun meletus tidak membawa dampak yang parah dan mengganggu penerbangan dari dan ke Bandara Ngurah Rai," papar Menhub Budi Karya. 



Menurut Menhub diperkirakan terdapat 5000 penumpang yang akan terdampak bila bandara Ngurah Rai ditutup akibat erupsi Gunung Agung. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Menhub mengatakan telah menyiapkan dua rencana (plan) yaitu rencana pertama memindahkan penumpang ke rute Banyuwangi dan Praya, dan rencana kedua antara Banyuwangi dan Surabaya melalui jalur darat.



"Kemenhub telah menyiapkan 100 bus untuk mobilisasi penumpang keluar Bali melalui Banyuwangi, Surabaya dan Praya. Dari jumlah 5000 penumpang yang diperkirakan terdampak, 70%nya diperkirakan akan keluar dari Bali. Sedangkan 30%nya merupakan penumpang yang berasal dari Bali sehingga tidak diperlukan kendaraan untuk mengantar," jelas Menhub.



Untuk penanganan penumpang selanjutnya, setelah tiba di Surabaya, Banyuwangi dan Praya diserahkan kepada masing-masing maskapai penerbangan. Lebih lanjut Menhub mengatakan bahwa kesepuluh bandara yang disiapkan adalah untuk alternatif pendaratan (divert) terhadap pesawat yang sudah terbang menuju Bali.

"Jadi pesawat akan didaratkan ke lokasi terdekat pesawat itu berada atau arah datangnya pesawat. Contohnya jika pesawat tersebut berada di posisi dekat bandara di Makassar, maka pesawat tersebut akan mendarat disana (Makassar). Untuk pengalihan tersebut nanti Airnav yang akan melakukan," terang Menhub.

Selain itu Menhub meminta masing-masing otoritas bandara berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Masing-masing otoritas harus berkoordinasi dengan instansi terkait contohnya jika turis tersebut harus over stay karena kejadian erupsi Gunung Agung maka Imigrasi harus memberikan bantuan terkait perpanjangan visa turis tersebut. Untuk kelancaran barang-barang bantuan saya minta agar berkoordinasi dengan Bea Cukai," papar Menhub.


Hadir pada rapat koordinasi perwakilan dari Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Praminto Hadi, Otoritas Bandara Ngurah Rai Herson, Plt. Ditjen Perhubungan Darat Hindro Surahmat, Direktur Utama PT. Angkasa Pura I Danang Baskoro, Direktur Utama AirNav Novie Riyanto, dan perwakilan airline.

Sementara itu, acara Asia Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM TMM) di Hotel Westin Nusa Dua Bali memang juga menjadi bagian dukungan Kemenpar. Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Eddy Susilo juga berharap Gunung Agung tidak membawa dampak yang negatif bagi pariwisata Indonesia. Apalagi, Bali merupakan salah satu destinasi yang mengusung wisata MICE yang sumbangsihnya besar untuk pariwisata Indonesia.

"Apalagi even ini merupakan even yang berskala internasional, banyak menteri perhubungan yang hadir di acara ini. Kemenpar hadir bersama Menhub juga dengan menebarkan branding Pesona Indonesia maupun Wonderful Indonesia agar mereka terus melihat keindahan Indonesia yang memang memiliki alam yang sangat indah," kata Eddy Susilo.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Malaysia Tak Sabar Ingin Nonton Pengabdi Setan

Posted: 28 Sep 2017 09:20 PM PDT

Film Pengabdi Setan yang saat ini tengah tayang di bioskop Indonesia, rupanya mendapat sambutan meriah dari pecinta film di Tanah Air. Dalam unggahan di Twitter-nya, Jumat (29/9/2017), sang sutradara, Joko Anwar, mengabarkan bahwa pada hari perdana penayangannya, film ini berhasil menjaring 91 ribu penonton.

Ini, adalah permulaan yang terbilang baik untuk Pengabdi Setan. "Baru sekali ini rilis film di bioskop nambah layar. Makasih banyak ya, temen-temen yang udah nonton," tutur Joko Anwar.

  (Doc: RAPI Films)

Tak hanya Joko Anwar, Bront Palarae, aktor asal Malaysia, juga rajin mempromosikan film Pengabdi Setan. Pasalnya, pria yang sebelumnya pernah bermain bersama Reza Rahadian dalam My Stupid Boss ini adalah salah satu bintang dalam Pengabdi Setan. Di film ini, ia berperan sebagai Suwono.

Lewat media sosialnya, Bront Palarae kerap mempromosikan Pengabdi Setan, terutama mengenai tanggal penayangannya di Malaysia dan Singapura.

"IBU SUDAH DATANG... 23rd Nov di Malaysia & Singapura..," tulis Bront Palarae pada Kamis (28/9/2017) sebagai sebuah keterangan video. Dalam video singkat tersebut, ditampilkan sejumlah reaksi penonton yang ketakutan saat menonton Pengabdi Setan.

  (Doc: RAPI Films)

Warganet dari Negeri Jiran pun rupanya sudah tak sabar menonton film yang juga dibintangi Tara Basro tersebut.

"Perlukah pergi jakarta sebab tazabar tggu 23.11 hehehe," tutur pemilik akun @mooretza.morni.

"Aaaaa...cepatlah 23rd novemberrr....," kata @asykn_amr.

"Geramnya!!! Felt like wanna fly to indo now now now!!! Lambatnya nk release kat m'sia ni!!" tulis @bluesands.

Ada pula warganet yang sudah yakin bahwa Pengabdi Setan adalah sebuah film yang sangat menakutkan. Salah satunya adalah @suhaimi_semirocket yang menulis,"Sebuah film seram yang memerlukan kewaspadaan jiwa dan raga."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Politikus PAN Minta Pendemo Waspadai Penyusup Aksi 299

Posted: 28 Sep 2017 09:19 PM PDT

Fraksi PAN MPR meminta agar aksi 299 yang digelar hari ini dapat berjalan aman dan tertib. Penyampaian pendapat di muka umum adalah hak yang dijamin di dalam UU. Karena itu, aparat keamanan diminta untuk mengawasi aksi tersebut, sehingga berjalan secara damai dan penyampaian aspirasi dapat dilaksanakan dengan baik.

"Saya yakin, aksi 299 ini akan berjalan tertib, aman, dan damai. Aksi seperti ini sudah sering dilaksanakan. Hasilnya bagus. Kita sudah sangat dewasa di dalam berdemokrasi. Karena itu, saya kira tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Sekretaris FPAN MPR Saleh Partaonan Daulay di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Namun demikian, semua pihak diminta untuk tetap mewaspadai tindakan provokasi yang bisa saja dilakukan oleh pihak-pihak yang punya kepentingan tidak baik. Apalagi, isu yang diangkat sampai hari ini masih dianggap sensitif. Karena itu, diperlukan kewaspadaan agar aksi damai ini tidak disusupi.

"Kekhawatiran bangkitnya kembali komunisme dinilai sebagai sesuatu yang positif. Itu menandakan bahwa ada kesadaran historis di tengah masyarakat akan bahaya komunisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Sejarah Indonesia telah mencatat pengalaman buruk dengan ideologi komunisme di masa lalu. Wajar jika kemudian setiap waktu ada saja masyarakat yang khawatir dan merasa was-was.

"Sebetulnya, semua pihak boleh saja khawatir. Sebab, sebagai bangsa, kita semua tidak bisa menerima ideologi komunis berkembang di masyarakat. Yang paling jelas, ideologi itu bertentangan dengan Pancasila, khususnya sila pertama," ujarnya.

Dalam konteks itu, pemerintah diminta untuk senantiasa menggelorakan semangat anti-komunisme di Indonesia. Dengan begitu, generasi muda Indonesia dapat dibentengi dari arus perkembangan ideologi ini dari masa ke masa.

"Dinamika dan gerak perubahan zaman tentu tidak boleh mengikis ideologi Pancasila yang terbukti telah berhasil menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia," ujar dia.

Saksikan tayangan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Setir Mobil Ungkap Sifat, Meme Setya Novanto

Posted: 28 Sep 2017 09:18 PM PDT

Setiap pengemudi punya gayanya sendiri ketika memegang setir mobil. Ada yang lebih suka memegang bagian atas setir dan ada pula yang memposisikan tangan di sebelah atas dan bawah stir.

Bahkan, ada pula pengemudi yang lebih sering menggenggam setir dengan satu tangan saja. Tapi ternyata, cara memegang stir yang beragam itu bisa menunjukkan sifat seseorang.

Artikel seputar cara memegang setir mobil yang menunjukkan sifat seseorang menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang meme kocak Presiden Korea Utara, Kim Jong-un yang menertawai foto Setya Novanto di rumah sakit menjadi yang kedua paling populer. Diikuti artikel tentang ular piton yang berada di dalam rumah di urutan ketiga.

Berikut top 3 Citizen6:

1. 6 Cara Pegang Setir Mobil Ungkap Sifat Seseorang, Kamu yang Mana?

Banyak orang tak menyadari bagaimana cara mereka memegang setir saat mengendarai mobil. Ternyata posisi tangan di kemudi bisa memberitahu kita tentang sifat seseorang lho.

Yuk, cari tahu jawabannya dengan memilih salah satu gambar yang sesuai saat kamu tengah mengendarai mobil.

Selengkapnya..

2. Kim Jong-un Ngakak Lihat Meme Setya Novanto Terbaring Lemah

Beredarnya foto Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto yang terbaring lemah di sebuah ranjang rumah sakit memang menimbulkan beragam respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Setnov--panggilan akrabnya memang tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) Premier, Jatinegara, Jakarta Timur. Namun sayangnya, warganet menemukan kejanggalan dalam foto tersangka dugaan korupsi megaproyek e-KTP itu.

Selengkapnya..

3. Ada Ular Piton di Foto Ini, Coba Tebak yang Mana?

Australia senantiasa menawarkan kejutan dengan hewan-hewannya yang berukuran fantastis. Tak hanya itu, Australia pun dikenal dengan rumah bagi beberapa makhluk paling mematikan di dunia.

Sering kali hewan mematikan tersebut masuk ke rumah warga. Tak hanya ular, laba-laba hingga buaya acap kali ditemukan di rumah warga. Itulah yang sering dialami oleh Dan dari Snake Catchers Sunshine 24/7.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Juara MotoGP, Rossi Dilarang Halangi Vinales?

Posted: 28 Sep 2017 09:15 PM PDT

Daftar pesaing perebutan gelar juara dunia MotoGP makin ketat. Marc Marquez saat ini masih mengunci posisi sebagai pimpinan klasemen dengan raihan 224 poin disusul Andrea Dovizioso dengan selisih 16 angka, dan Maverick Vinales (28).

Tentunya ini akan semakin menarik untuk melihat tiga produsen (Honda, Ducati, dan Yamaha) berjuang untuk menempatkan pembalapnya sebagai raja di kelas utama MotoGP 2017. Sejauh ini tinggal 100 poin yang bakal diperebutkan tiga kandidat tersebut di empat balapan tersisa musim ini.

Dalam kesempatan ini, Direktur Yamaha Massimo Meregalli tampaknya masih mempertimbangkan untuk menggunakan permainan team order. Ada kemungkinan di empat balapan tersisa Pabrikan Jepang ini akan meminta Valentino Rossi untuk tidak menghalangi kecepatan Vinales.

Tapi untuk saat ini, Meregalli menyatakan belum ada rencana memainkan team order. "Kami akan meminta Valentino untuk tidak menghalangi Maverick jika memang begitu, tapi dalam hal apapun belum ada perintah dari tim. Itu tidak pernah terjadi di Yamaha dan kami belum mempertimbangkannya untuk saat ini," katanya seperti dikutip dari Mundo Deportivo, Jumat (29/9/2017).

Jika situasinya berbalikm kemungkinan Yamaha akan menitah Vinales untuk memainkan team order. Pandangan itu muncul lantaran selama ini setiap permintaan Top Gun tidak pernah dipenuhi tim Garpu Tala.

Salah satu hal yang paling mencolok adalah ketika permintaan Rossi untuk melakukan perubahan sasis dipenuhi. Sejak saat itulah, Vinales belum pernah merasakan kemenangan.

Penikmat kuda besi di seluruh dunia pun semakin penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya. Balapan terdekat akan berlangsung di Grand Prix Jepang pada 15 Oktober mendatang. Benarkah Rossi dilarang halangi Vinales?

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Stabil, Harga Cabai Rawit Merah Dijual Rp 20 Ribu per Kg

Posted: 28 Sep 2017 09:15 PM PDT

Mayoritas harga bahan pangan terpantau stabil di pasar tradisional. Harga tersebut tak banyak berubah dibanding awal pekan.

Sutamaaji (50), pedagang Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, hanya cabai keriting merah yang naik. Harga cabai keriting merah naik dari Rp 28 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu per kg. Dia menjelaskan, kenaikan terjadi dalam dua hari terakhir.

"Cabai keriting Rp 32 ribu per kg. Naik dari Rp 25 ribu-28 ribu per kg, baru dua hari. Sekarang dari Pasar Induk Rp 28 ribu, dulu di Pasar Induk Rp 24 ribu-25 ribu per kg," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jumat (29/9/2017).

Sutamaaji mengatakan, kondisi tersebut berbanding terbalik dengan cabai rawit merah. Biasanya, kata dia, harga cabai rawit merah lebih mahal dibanding cabai keriting merah.

Dia mengatakan, harga cabai rawit merah saat ini Rp 20 ribu per kg. Di Pasar Induk Kramat Jati, harganya sudah mencapai Rp 12 ribu per kg.

"Murah semua, rawit merah Rp 20 ribu per kg, sudah ada hampir sebulanan. Sudah ada tiga minggu. Senin kemarin juga Rp 20 ribu," ujar dia.

Berikut pantauan harga Liputan6.com

1. Cabai

Harga cabai keriting merah naik dari Rp 28 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu per kg. Sementara harga cabai rawit merah stabil di Rp 20 ribu per kg.

2. Bawang

Harga bawang baik bawang merah dan bawang putih stabil. Harga bawang merah Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kg, sementara bawang putih Rp 30 ribu per kg.

3. Bahan pangan lain

Harga pangan lain terpantau stabil atau tak banyak berubah dari awal pekan ini. Pedagang pasar menjual kol seharga Rp 8 ribu per kg, timun Rp 10 ribu per kg, tomat Rp 10 ribu per kg, sawi Rp 10 ribu per kg.

Sementara, harga wortel Rp 10 ribu per kg, kentang Rp 15 ribu per kg, terong Rp 10 ribu per kg, pare Rp 10 ribu per kg, daun bawang Rp 16 ribu per kg, seledri Rp 20 ribu per kg, dan buncis Rp 12 ribu per kg.

"Murah semua hitungannya yang rawit lagi banyak," tukas Sutamaaji.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Bingung? Simak 11 Tanda Anda Sudah Siap Menikah

Posted: 28 Sep 2017 09:15 PM PDT

Menikah bukan sesuatu yang bisa dilakukan serta merta dalam waktu yang singkat. Menurut penelitian di Amerika, 40 hingga 50% pasangan yang menikah memutuskan untuk bercerai.

Inilah mengapa banyak orang memerlukan waktu yang lama untuk memutuskan menikah. Dilansir dari thelist.com, Rabu (27/9/2017), berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda sudah siap menikah. Penasaran?

1. Anda sangat ingin menikah

Jika menikah adalah hasrat atau keinginan yang keluarnya dari diri Anda sendiri, bukan keluarga atau kerabat dekat, ini bisa menjadi salah satu tanda. Di sini Anda telah menyadari bahwa menikah bukan suatu norma atau kewajiban yang harus diikuti, namun sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan.

2. Anda tidak ragu untuk menikah dengan pasangan

Salah satu tanda lainnya adalah Anda siap menikah dengan pasangan dan tidak mengharapkan pribadinya akan berubah di masa depan. Faktanya, prediksi terbaik dari perilaku pasangan adalah sebelum menikah, bukan setelah menikah.

Ketika Anda masuk ke dunia pernikahan dan berharap pasangan akan berubah, ini kesalahan besar. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan wanita yang ragu akan suaminya di masa depan lebih cenderung bercerai ketika menikah.

3. Anda memahami komitmen

Menikah berarti bersedia bersama dengan seseorang lainnya di saat suka dan dua. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang benar-benar siap menikah cenderung telah menghabiskan banyak waktu bersama pasangannya untuk menghadapi masa baik dan buruk.

 

 

4. Anda bisa berbeda pendapat dengan pasangan tanpa rasa takut

Faktanya, konflik dapat membuat Anda dan pasangan semakin intim dan dekat, membantu dua orang untuk saling mengenal.

5. Anda bisa berkomunikasi dengan terbuka

Jika Anda dan pasangan bisa berkomunikasi tentang apapun, besar dan kecil, ini merupakan indikator Anda telah siap menikah. Berkomunikasi secara jujur dengan pasangan juga indikator dari kepuasan terhadap hubungan itu sendiri yang lebih tinggi.

6. Anda dan pasangan sudah membicarakan uang

Diskusi terbuka tentang uang juga mengungkapkan bahwa Anda telah siap menikah. Menurut penelitian, berdiskusi tentang uang jauh lebih menantang dibandingkan dengan kematian, politik, atau agama.

7. Anda jujur kepada pasangan

Tanda lainnya dari kesiapan Anda menikah adalah kejujuran kepada pasangan. Ketika berada di dekatnya, Anda benar-benar menjadi diri sendiri, tanpa perlu menutupi apapun atau berusaha menjadi orang lain.

8. Anda memiliki tujuan yang sama tentang masa depan dengan pasangan

Berbagai hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja, sangat penting untuk dipastikan bahwa Anda dan pasangan berada di halaman yang sama, seperti masalah anak. Pastikan Anda dan pasangan telah saling berkompromi, bukan berkorban.

9. Nilai Anda dan pasangan sama

Penting untuk memastikan bahwa Anda dan pasangan memiliki nilai dan kepercayaan yang sama. Berbagi nilai yang sama berarti sepakat tentang perilaku yang dapat diterima dan tidak dapat diterima.

10. Anda mencintai dan menghargai satu sama lain

Ketika memutuskan untuk menikah, mencintai tanpa syarat, saling menghormati satu sama lain juga harus diperhatikan. Selain itu, rasa cinta dan hormat harus berjalan beriringan agar hubungan tetap berlangsung sehat dan bertahan lama.

11. Anda tahu bahwa menikah adalah keputusan yang tepat

Jika Anda masih ragu, cobalah lihat kembali pada diri sendiri dan dengarkan insting. Faktanya, untuk memutuskan sesuatu yang penting, seperti cinta dan pernikahan, mendengarkan nasihat ibu juga bisa sangat membantu. Jadi apakah Anda telah siap untuk menikah?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dhea Imut Tagih Ekspedisi Kembalikan Kamera Rp 229 Juta Miliknya

Posted: 28 Sep 2017 09:10 PM PDT

Penggunaan jasa ekspedisi antara Dhea Imut dengan jasa ekspedisi berujung pelik. Kamera seharga Rp 229 juta yang dititipkan Dhea Imut kepada DHL hilang entah ke mana.

Pihak jasa ekspedisi mengklaim bahwa kamera itu sudah diambil oleh seseorang bernama Totok Suhadi. Padahal dalam perjanjian tertulis bahwa barang tersebut harus dikirimkan jasa ekspedisi ke alamat Bapak Toto atau Suhadi.

Mengetahui kamera hasil jerih payahnya bekerja hilang, Dhea Imut pun mengaku kecewa. Ia tak menyangka pihak ekspedisi ternama yang dipercayainya justru lepas tangan terhadap kasus ini.

"Pastinya aku kecewa banget. Kamera itu kan mau dipakai untuk syuting dan enggak menyangka aja, kok bisa kejadiannya seperti ini," kata Dhea Imut saat dihubungi, Kamis (28/9/2017).

"Apalagi DHL kan perusahaan internasional, seharusnya bisa memberikan (pelayanan) yang lebih. Tapi sampai sekarang belum tahu kamera aku di mana. Kecewa ya," lanjutnya.

Pesinetron Mutiara ini menagih itikad baik pihak jasa ekspedisi untuk mengembalikan kameranya yang hilang. Jika upaya damai tak bisa ditempuh, Dhea Imut pun siap membawa masalah ini ke ranah hukum.

"Harapanku tentunya ada niat baik dan kejelasan tentang hilangnya kameraku. Ya ada niat baik pihak sana untuk kembalikan kameraku yang hilang," ujar Dhea Imut.‎"Aku juga penginnya baik-baik aja. Cuma sampai sekarang belum ada niat baik. Ya kalau gitu aku serahkan aja (ke ranah hukum)," ia menandaskan. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jawara Sayembara Desain Restoran Nusantara 2017

Posted: 28 Sep 2017 09:09 PM PDT

Salah satu point yang menarik dari puncak Rakornas Pariwisata III, 26-27 September 2017 adalah lomba desain. Malam Wonderful Indonesia Tourism Award 2017 itu semakin berkualitas dengan tampilan layar LED tentang desain Restoran Nusantara yang dilombakan.

Keren, ada sentuhan arsitektur Nusantara, bahan-bahan yang mudah didapat di 10 Top Destinasi itu. "Hasilnya bagus-bagus, silakan dipakai, dimodifikasi, disesuaikan, dan menjadi inspirasi dalam mendesain restoran," kata Arief Yahya, Menpar RI.

Sayembara ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pariwisata RI, PT Propan Raya, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia dan sebagai pelaksana dan pendukung adalah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sayembara ini diselenggarakan untuk mendukung pengembangan amenitas (fasilitas) pariwisata sebagai salah satu dari 3 aspek pengembangan pariwisata (3A) yaitu atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.

"Salah satu amenitas yang dibutuhkan dalam pengembangan destinasi pariwisata adalah ketersediaan restoran. Dalam pengembangan destinasi pariwisata, peran serta masyarakat menjadi hal penting untuk diwujudkan dalam rangka menjadikan mereka "Tuan Rumah di Negerinya Sendiri", " kata Menpar Arief Yahya usai penyerahan hadiah.

Menpar Arief Yahya melanjutkan, sayembara ini juga memberikan kesempatan bagi para arsitek di seluruh Indonesia untuk turut memajukan Restoran Nusantara, sekaligus memberikan solusi kepada Kemenpar untuk mengembangkan kawasan wisata dengan desain yang terbaik mendukung program pengembangan 10 destinasi wisata di Indonesia yang diprioritaskan oleh Pemerintah.

"Ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat di 10 destinasi wisata prioritas untuk memiliki usaha restoran yang dapat menarik kunjungan para wisatawan," kata Menpar Arief Yahya.

PT Propan Raya memang secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Tercatat, sudah 4 (empat) kali PT Propan Raya menyelenggarakan sayembara Arsitektur Nusantara, yaitu Sayembara Desain Rumah Budaya Nusantara (2013), Sayembara Desain Desa Wisata Nusantara (2014), Sayembara Desain Bandara Nusantara Alor (2015), dan Sayembara Desain Homestay Nusantara (2016). Pada penyelenggaraan yang kelima ini, PT Propan Raya mengusung tema Sayembara Desain Restoran Nusantara (2017).

"Sejak tahun 2013, PT Propan Raya secara konsisten mengadakan Sayembara Desain Arsitektur Nusantara. Kami sadar, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya. Di titik inilah kami ingin memperkenalkan dan melestarikan budaya bangsa melalui Arsitektur Nusantara. Harapannya, masyarakat Indonesia semakin mencintai dan menghargai budaya bangsa," ucap Founder dan President Director PT Propan Raya, Hendra Adidarma.

Dalam sayembara ini diisi oleh dewan juri yang kompetens seperti Yori Antar (Ketua Tim Juri) dengan tim juri di antaranya Hari Santosa Sungkari (Bekraf) Harryadi Sukamdani (Ketua BPP PHRI) Joko Suyono (STP Bandung) Anneke Prasyanti (praktisi) Eko Alvarez (Praktisi) dan Frans Teguh (Kementerian Pariwisata). Adapun total hadiah yang diberikan Total Rp 1 miliar. 

Berikut daftar juara Sayembara Desain Restoran Nusantara:

Danau Toba Juara 1: Parmanangan Siwaluh Jabu, karya dari Antonius Setha PramudyaJuara 2: Lapo Na Tabo, karya dari Eki Achmad Rujai dan timJuara 3: Inganan Marpungu, karya dari Chiquita Marina Pitono dan tim

Tanjung KelayangJuara 1: Bale Nyamen, karya Yonatan Hartanto dan Yessi AnastasiaJuara 2: Resto Ikan Bakar Tanjung kelayang, karya Basuki Firmanto dan Agung RadityoJuara 3: A Taste of Nature, karya Eka Pradishtya Prasidhanta dan Anisa Yulia Rahmanita

Tanjung LesungJuara 1: Leuit Na Sagara Lesung, karya Chandra Tri Adiputra dan timJuara 2: Saung Ngariung Urang, karya Albertus Bobby Widagdo dan Ahlan ZakyyanJuara 3: Pawon Lesung, karya Tri Handokok dan tim

Kepulauan Seribu (Jakarta)Juara 1: Konteks,toea.L, karya Muchammad Ridwan Fauzi dan timJuara 2: Gang Kelinci, karya Riandita AmandaJuara 3: Pintu Tamu Restoran, karya Ardian Hariowibowo dan tim

BorobudurJuara 1: Mandalivista, karya Rizky Rachmadanti dan timJuara 2: Pondok Barede, karya Grace Stephanie dan timJuara 3: Budhara Restoran Nusantara, karya Kamawardhana Heksaputra dan tim

Bromo Tengger SemeruJuara 1: Pawon Tigo Tungku, karya Edison Gunawan dan Indra PramanaJuara 2: Joglo Andap Asor, karya Adhietya Orlando Putra dan timJuara 3: Pawonan, karya I Wayan Hari Saweka dan Ayu Sukma Adelia

Mandalika LombokJuara 1: Berugak Mandalika, karya Yuristo Maulidan dan timJuara 2: Satus Ampel (Seratur Bambu), karya Aries Surya OngkodiputraJuara 3: Bale Barugak, karya Evan Adiwijaya dan tim

Labuan Bajo:Juara 1: Dermaga Makan, karya Ardinanto Prakoso Rudini dan timJuara 2: Jingga di Lao, karya Chalvian Oscar dan timJuara 3: Etalase Kuliner Adat, karya Nabila Ismi Amalina dan tim

WakatobiJuara 1: Kusinabowe, karya Calvin Widjaja dan Dian Sekar RiniJuara 2: Dapureng Bajo di Lao, karya Hendrawan Setyanegara dan timJuara 3: Panggung Bambu Wakatobi, karya Psichylectira Mangifera dan Bagus Wibowo Suryo

MorotaiJuara 1: Oti Bubane, karya Mochammad Ridwan Fauzi dan timJuara 2: Hito Mari, karya Adria Richardo Dwiputra dan timJuara 3: Rumah Moro Back to Nature, karya Aris Munandar

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadirkan Kejutan Baru, Jakarta Fashion Week 2018 Segera Digelar

Posted: 28 Sep 2017 09:06 PM PDT

Jakarta Fashion Week ke-10 mengusung tema Bhineka dan Berkarya. Peragaan mode akbar di Indonesia ini akan menghadirkan 175 desainer dan segudang tren busana untuk tahun mendatang. JFW 2018 membawa desainer-desainer Indonesia khususnya yang tergabung dalam program inkubasi Indonesia Fashion Forward ke kancah mode Internasional.

Keragaman fashion di Indonesia yang semakin berkembang menjadi wajah kebhinekaan dalam berkarya. Jakarta Fashion Week hadir sebagai wadah untuk menghadirkan kebihinekaan dalam industri fashion Indonesia.

Tidak hanya desainer dalam negeri, sama seperti JFW sebelumnya, pagelaran yang akan digelar pada 21-27 Oktober 2017 mendatang ini juga menghadirkan desainer dari negeri tetangga dan Internasional seperti Australia, Jepang, Korea Selatan, dan Inggris. Tak hanya itu, akan hadir desainer dari Swedia dan India serta kolaborasi dengan fashion desainer Tiongkok.

"Selama 10 tahun penyelenggaraannya, JFW telah menjadi cerminan Indonesia yang terdiri dari individu yang berbeda baik itu genre fashion, bahan dan material, hingga tema. Namun semuanya tetap berjalan secara dinamis dalam menghasilkan karya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, JFW tahun ini akan hadir dengan mengusung sebuah tema, Bhineka dan Berkarya," kata Lenni Tedja Direktur Jakarta Fashion Week saat konferensi pers, Kamis (28/9/2017) di Ming Dining Senayan City.

 

 

Hal berbeda lainnya yang akan dihadirkan JFW tahun ini adalah desain panggung yang dibuat lebih menarik. Pagelaran ini akan kembali digelar di pusar perbelanjaan besar di Jakarta Senayan City. Panggung yang terbagi atas dua yaitu Fashion Tent dan Fashion Atrium akan dibuat sebuah benang merah dengan desain yang sama. Sehingga para pengunjung dapat melihat atrium layaknya runway seperti di tenda.

"Untuk kali kelima Senayan City kembali menjadi tuan rumah JFW. Beberapa area menjadi tempat bagi pecinta fashion mulai dari Fashion Tent, fashion Atrium, dan The Hall. Nantinya akan ada yang berbeda dengan desain runway yang di Fashion Atrium,"kata Jaclyn Halim General Manager Marketing and Promotion Senayan City.

Selama sepekan, JWF tidak hanya akan diwarnai oleh deretan koleksi desainer tanah air terkini, namun juga diisi dengan berbagai talkshow, kompetisi fashion, dan bazaar untuk Anda para pecinta mode.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Sosok Pria Pekalongan yang Biayai 65 Gurunya ke Luar Negeri

Posted: 28 Sep 2017 09:04 PM PDT

Seorang pria bernama Fredy Chandra (43) mendadak terkenal karena aksi "gilanya" yang memberangkatkan 65 guru dan karyawan semasa dia SD, SMP, dan SMA di Kota Pekalongan. Pria ini memang dikenal dermawan.

Putra almarhum Pjan Yauw Cwan ini dulu pernah tinggal di Pekalongan, sebelum akhirnya merantau ke Jakarta.

"Dulu dari kecil sampai lulus SMA dia (Fredy) tinggal di Jalan Salak Kota Pekalongan bersama kedua orang tuanya," ucap Wawan, kerabat Fredy Chandra yang saat ini masih tinggal di Kota Pekalongan, Kamis, 28 September 2017.

Namun, setelah ayah Fredy meninggal, dia mengajak ibundanya merantau ke Jakarta. "Saat ini rumahnya di Jalan Salak itu kosong," Wawan menambahkan.

Dia menyebut sifat dermawan Fredy memang sudah terlihat sejak masih sekolah. Fredy tidak segan membantu teman-temannya.Fredy Chandra, Pria Pekalongan yang membiayai perjalanan guru-gurunya ke luar negeri. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)Sebelum merantau ke Jakarta, Fredy juga pernah beberapa bulan bekerja sebagai guru di SD Sampangan dan teknisi komputer di sebuah pabrik di Pekalongan.

Selama sekolah, Fredy memang sosok anak yang cerdas dan memiliki motivasi yang tinggi untuk sukses. "Setelah sempat bekerja di pabrik itulah Fredy memutuskan untuk merantau di Jakarta," kata dia.

Menurut Wawan, kini Fredy sebagai pengusaha yang terbilang berhasil karena gigih bekerja. Dia menggeluti bisnis fiber optik.

"Saat ini dia (Fredy) sebagai pengusaha sukses kabel fiber optik FO laut. Memang dia orangnya cerdas dan sangat gigih bekerja karena ingin sukses. Padahal dia dulu sempat kuliah di ITB Bandung, tapi tidak selesai," katanya.Fredy Chandra, Pria Pekalongan yang membiayai perjalanan guru-gurunya ke luar negeri. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)Selama bekerja di Jakarta, Fredy sering kali mendapatkan proyek pekerjaan di luar negeri, seperti di Eropa. "Dulu pernah cerita kalau dia (Fredy) pernah ada kerjaan di Jerman dan Prancis. Tapi katanya saat itu juga beberapa negara lainya," katanya.

Atas keberhasilannya itu lah, pria asal Pekalongan ini mampu menuntaskan nazarnya untuk memberangkatkan guru-gurunya piknik ke luar negeri. Selama 5 hari 4 malam, ke-65 guru dan karyawan SD, SMP, dan SMA semasa dia sekolah dulu menikmati fasilitas mewah sambil menikmati suasana di Malaysia dan Singapura.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Korut-AS Kemungkinan Pecah, Inggris Diminta Turun Tangan

Posted: 28 Sep 2017 09:04 PM PDT

Ketegangan antara Amerika Serikat dan Korea Utara saat ini begitu tinggi sehingga pecahnya perang adalah "kemungkinan nyata" yang harus dipersiapkan oleh Inggris. Demikian peringatan yang dilontarkan oleh sebuah lembaga think tank pertahanan.

Konflik yang meletus antara Washington dan Pyongyang diperkirakan akan mengakibatkan ratusan ribu korban tewas, berdampak signifikan pada ekonomi global dan memiliki implikasi mendalam terhadap lanskap politik dan diplomatik Asia Timur. Hal tersebut diungkap dalam laporan Royal United Services Institute.

"Laporan ini tidak menyebutkan bahwa perang akan terjadi. Namun, probabilitas perang adalah prospek yang tidak menyenangkan," terang Profesor Malcolm Chalmers yang menulis laporan tersebut seperti dikutip dari Telegraph.co.uk pada Jumat (29/9/2017).

Dunia menyaksikan bagaimana konflik antara Korut dan AS telah meningkat selama satu tahun terakhir seiring dengan ambisi tiada henti Pyongyang atas program nuklir dan rudal yang dimaksudkan untuk mencapai "keseimbangan kekuasaan".

Serangkaian uji coba nuklir dan rudal Korut sepanjang tahun ini membuat pejabat AS khawatir bahwa Pyongyang telah lebih dekat dengan pengembangan rudal balistik antar benua yang mampu menghantam wilayah Negeri Paman Sam.

Donald Trump, selaku Presiden AS, sudah menegaskan bahwa opsi militer atas Korut berada di atas meja, meski di lain sisi tekanan dan upaya diplomatik terus digenjot.

Teranyar, pada hari Kamis waktu setempat, China memerintahkan agar seluruh perusahaan Korut yang beroperasi di wilayahya tutup per Januari 2018. Langkah ini dinilai akan memukul keras Pyongyang, mengingat Beijing merupakan sekutu dan mitra dagang utama mereka.

Adam Smith, mantan staf Dewan Keamanan Nasional di masa pemerintahan Barack Obama memperingatkan bahwa AS telah mencapai akhir upaya diplomatiknya dan sanksi terbaru bisa jadi yang terakhir.

"Kita hanya bisa berharap, bahwa konsekuensi ekonomi bagi Korut atas sejumlah sanksi akan cukup memadai untuk membantu menghindari konflik yang tidak menstabilkan dunia," tulis Smith di Daily Telegraph.

Profesor Malcolm Chalmers dalam laporannya mengingatkan bahwa perang antara Korut dan AS dapat meletus akibat dua hal. Pertama, serangan pre-emptive AS yang bertujuan menganggu program senjata nuklir Korut. Kedua, serangan Korut ke Korea Selatan, Jepang atau bahkan wilayah AS.

Salah satu skenario dalam konflik bersenjata AS-Korut adalah kemungkinan itu akan meningkat menjadi perang skala penuh yang berujung pada invasi AS ke Korut, disertai dengan kampanye siber dan udara untuk menghancurkan serta menganggu komunikasi, komando, dan kontrol.

Korut kemungkinan akan meluncurkan serangan rudal artileri dan taktis ke Seoul yang akan memicu jatuhnya korban sipil dalam jumlah yang tinggi.

Laporan tersebut juga mengungkap bahwa pasukan AS dan Korsel yang berteknologi tinggi kemungkinan akan mengalahkan jutaan tentara Korut dalam sebuah pertempuran yang sulit. Sementara, jenderal-jenderal Korut diperkirakan akan menggunakan taktik perang asimetris dengan penggunaan senjata nuklir demi melawan ketidakseimbangan kekuatan.

Profesor Chalmers pun meminta pemerintah Inggris untuk mendesak AS agar tidak mempertimbangkan untuk melakukan serangan lebih dulu terhadap Korut serta berkonsultasi dengan sekutu regional seperti Korsel, Jepang, dan Australia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PR Menteri Basuki pada Program Sejuta Rumah

Posted: 28 Sep 2017 09:00 PM PDT

Program Sejuta Rumah masih dihadapkan pada berbagai tantangan. Program yang dicanangkan tahun 2015 ini sendiri bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rumah layak.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pekerjaan rumah pemerintah ke depan ialah memperbaiki kualitas rumah. Menurutnya, kualitas rumah mesti ditingkatkan supaya masyarakat mendapat rumah yang layak huni.

"Ada perintah langsung Presiden setelah kunjungi beberapa lokasi, kami diminta meningkatkan pengawasan bersama bank penyalur secara fisik meningkatkan kualitas rumah," kata Basuki dalam acara Bincang Bisnis dengan tema Rumah untuk Rakyat di SCTV Tower Jakarta, Kamis malam (28/9/2017).

Kemudian, pemerintah akan memperbaiki kualitas pengembang. Basuki mengaku telah menerima banyak laporan salah satunya terkait keterlambatan pengembang dalam membangun rumah.

"Kedua kualitas para pengembang, saya banyak sekali mendapat informasi, short message, pesan-pesan bahwa sudah bayar uang muka tidak jadi dibangun menjadi perhatian saya terutama dengan REI," ungkap dia.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN) Maryono mengatakan, pemerintah telah banyak memberikan bantuan supaya rumah yang diterima masyarakat layah huni. Di antaranya ialah membantu dari segi infrastruktur jalan. Kemudian, pemerintah juga menetapkan standar pada rumah layak huni.

Sejalan dengan itu, dia mengatakan, pemerintah telah memberi kemudahan akan akses kepemilikan rumah. Kemudahan ini dalam bentuk kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi di mana, masyarakat cukup menyediakan uang muka 1 persen dan bunga 5 persen sepanjang kredit.

Dari sisi bank, lanjut Maryono, juga telah memberikan keringanan salah satunya dari segi administrasi.

"Kita memberikan biaya murah contoh provisi kredit itu kita samakan seluruh Indonesia 0,5 persen, biaya administrasi Rp 250 ribu. Ini kita berikan kemudahan masyarakat," tukas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Mana Djarot Usai Tak Lagi Menjadi Gubernur DKI?

Posted: 28 Sep 2017 09:00 PM PDT

Djarot Saiful Hidayat segera mengakhiri masa tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta 16 hari lagi. Di hari-hari terakhir dia menjabat, Djarot mengebut program seperti pembangunan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Rencananya, Djarot akan kembali ke partai setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Kembali ke partai, saya kan pengurus partai toh," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Djarot adalah Ketua DPP PDIP Bidang Keorganisasian. Sebagai pengurus partai, Djarot menyebut akan ikut memantau Gubernur dan Wakil Gubernur DKI selanjutnya, yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Tentu saja kami memantau dong, partai kan mempunyai fraksi di DPRD, kami akan memantau, dan ingat PDIP itu fraksi terbesar ada 28 kursi di sana. Jadi setiap saat kami memantau," kata dia.

Selain itu, Djarot optimistis pemerintahaan selanjutnya akan melanjutkan program Ahok-Djarot yang baik.

"Saya selalu berpikir positif, mudah-mudahan berjalan jauh lebih baik lagi. Yang jelas tugas dan kewajiban kami sudah kami selesaikan sebaik-baiknya," ujarnya.

Djarot menyadari, kinerja Ahok-Djarot jauh dari sempurna. Oleh karena itu, mantan Wali Kota Blitar itu berharap Anies-Sandi dapat menyempurnakannya.

"Kewajiban kami sudah kami selesaikan sebaiknya dan dengan sekeras-kerasnya, dengan kelebihan dan kekurangan, karena tidak ada satu pun melaksanakan tugas bisa sempurna 100 persen. Tentu masih ada kelemahan, tentunya kelemahan yang ada ini bisa disempurnakan," tandas Djarot.

Tiga pekan menjelang masa tugasnya berakhir, Djarot menyampaikan permintaan maafnya atas nama Ahok-Djarot pada warga Jakarta.

"Kami mohon didoakan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila saya bersama-sama dengan Pak Ahok ketika memimpin Jakarta ada khilaf ada salahnya," kata Djarot di Balai Kota Jakarta, Sabtu (23/9/2017).

Djarot mengatakan, setiap pemimpin adalah manusia biasa yang tentu memiliki kekurangan. Oleh karena itu, dia meminta maaf.

"Pak Ahok dan saya sudah bekerja keras untuk Jakarta, biarkan nanti yang menilai masyarakat Jakarta. Nanti yang menikmati warga Jakarta dan Indonesia tanpa membeda-bedakan," kata dia.

Mantan Wali Kota Blitar itu lantas mengucapkan terima kasih atas selama Ahok-Djarot menjabat di Pemprov DKI Jakarta.

"Dukungan yang kalian berikan kepada kami sungguh sangat luar biasa dan semua ditujukan untuk memajukan kota Jakarta yang sama-sama kita cintai. Jadi kita semua ini bersaudara satu bangsa satu tanah air tidak boleh ada yang diskriminasi atas nama apa pun," tandas Djarot.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Perang Bhayangkara FC Vs Bali United

Posted: 28 Sep 2017 09:00 PM PDT

Klasemen Liga 1 bakal semakin panas jelang duel penentuan pekan ke-27 antara Bhayangkara FC melawan Bali United di Stadion Chandrabraga Patriot malam nanti. Duel ini bakal menentukan siapa yang bakal berada di pucuk klasemen sementara.

Siapapun yang menang dipastikan bakal menghuni puncak klasemen. Sedangkan jika hasil imbang, maka Bhayangkara FC akan tetap aman berada di puncak klasemen dengan keunggulan 1 poin dari Bali United.

Perebutan gelar juara Liga 1 memang mengerucut antara kedua tim ini. Meski tak menutup kans dari Madura United, PSM Makassar dan Persipura yang jaraknya tidak jauh, tapi dua klub ini yang paling berpeluang untuk jadi juara.

Konsistensi bakal jadi syarat mutlak bagi kedua tim untuk merebut gelar juara. Dengan sisa 8 laga lagi, segala kemungkinan bisa terjadi dan itu bisa dimulai dari duel Bhayangkara FC melawan Bali United malam ini.

Kedua klub memang tak pernah disangka bisa melangkah sejauh ini. Namun dua klub yang boleh disebut anyar di sepak bola Indonesia ini membuat gebrakan yang membuat klub tradisional seperti Persib, Persija dan Arema FC sult mengimbangi.

Ingin lihat posisi masing klub di klasemen? Berikut klasemen Liga 1 per 29 September 2017:

 

Para pemain Bhayangkara FC berlatih jelang laga kontra Bali United pada pekan ke-27 Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jumat (29/9/2017). (foto: istimewa)

Berikut klasemen Liga 1 per 29 September 2017 (soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: