Selasa, 26 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 RSS

Liputan6 : RSS2 Feed


‎Kurang Perhatian, Yama Carlos Diprotes Istri

Posted: 26 Sep 2017 10:20 PM PDT

Yama Carlos dan istri, Arfita Dwi Putri tengah menikmati rumah tangganya yang kembali utuh. Apalagi mereka sudah tinggal serumah bersama buah hatinya, Marco.

Namun, keharmonisan Yama-Fita sedikit terganggu belakangan ini. Kabarnya, Fita merasa kesal karena kurang diperhatikan Yama Carlos yang sibuk bekerja.

 Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Saya terkadang sering kena marah sama Fita. Gara-gara saya terlalu fokus bekerja, capek dan jadinya lupa fokus (perhatian) ke dia. Makanya suka kena tegur," kata Yama Carlos di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2017).

Bukan cuma itu, sang istri juga kerap cemburu dengan Yama Carlos. Pasalnya, sejak kehadiran Marco, pemain film Satria itu jadi jarang membelainya. Yama Carlos pun mengakui hal tersebut sebagai kesalahannya.

"Saya akui kalau saya salah memang. Soalnya saya harus kejar ketertinggalan perhatian dengan Marco selama ini. Pulang kerja main sama si kecil dulu, istri agak terlupakan sedikit. Cuma wajar, saya mengakui kesalahan saya," ucap Yama Carlos seraya tertawa.

 Beberapa minggu lalu, rumah tangga Yama Carlos dan Arfita Dwi Putri sedang tidak harmonis. Bahkan, sang istri sempat kembali ke rumah orang tuanya. Arfita pun juga mengaku tengah mempersiapkan gugatan cerai. (Instagram/yamacarlos7)

"Iya, dia (Yama) begitu. Dia kan sering cium anak, terus aku sindir aja 'Oh, anak terus yang dicium? Bubunya enggak'. Baru deh dia sadar kalau disindir," sahut Arfita Dwi Putri. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembalap Tempuh 137,7 Km di Etape Pertama Tour de Banyuwangi Ijen

Posted: 26 Sep 2017 10:20 PM PDT

Sebanyak 95 rider siap memulai pertarungan perdananya di etape pertama International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2017, Rabu (26/9/2017). Seluruh pembalap dari 19 tim ini akan menempuh lintasan sepanjang 137,7 Km.

Mengawali start dari Pasar Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo dan finis di Kantor Bupati Banyuwangi, etape pertama ini akan menjadi etape pemanasan bagi para pembalap. Etape perdana ini akan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko.

Chairman International Tour de Banyuwangi Ijen, Guntur Priambodo mengatakan, etape pertama akan menjadi rute pemanasan untuk mengasah adrenalin para pembalap. Lintasan yang disuguhkan di rute awal ini tidak terlalu berat tapi juga tidak ringan dengan dominasi rute flat atau datar.

"Di etape pertama ini rute yang dilalui tidak terlalu sulit, hanya ada satu tanjakan yang lumayan menantang di daerah Pakel Kecamatan Licin. Selebihnya semua rute mudah untuk dilalui," tutur Guntur.

Dimulai dari Pasar Bajulmati, Wongsorejo, pembalap akan menyusuri pinggir pantai melewati Pantai Grand Watudodol, Pelabuhan Ketapang lalu belok menuju jalan lingkar hingga tembus di Patung Kuda. Pembalap akan terus memancal sepeda menuju arah selatan Banyuwangi menuju Kecamatan Blimbingsari hingga tembus Gladag, Singojuruh, Rogojampi, Labanasem, Pakel, Licin, Glagah lalu turun menuju titik finish Kantor Bupati Banyuwangi.

"Di etape ini para pembalap diajak menyusuri lintasan yang menarik mulai menyusuri jalan di pinggir pantai, melewati perkotaan, daerah persawahan, hingga memasuki alam perkebunan yang sejuk. Di perbukitan Pakel Kecamatan Licin pembalap akan disuguhkan pemandangan indah Banyuwangi dari ketinggian, akan terlihat sawah dan laut, pembalap pasti akan terkesan," kata Guntur.

 

Peserta Tour de Banyuwangi Ijen jalani etape pertama (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Para pembalap ini juga akan melewati obyek wisata bahari Bangsring Underwater. Lokasi ini dikenal sebagai kawasan konservasi terumbu karang yang telah mengantarkan pengelolanya mendapatkan Piala Kalpataru dari Presiden Jokowi bulan Agustus lalu.

Guntur menambahkan, di etape ini pembalap akan menghadapi tiga titik sprint. Yang pertama di Km 19,8 di daerah Ketapang, lalu Km 36,9 di Pakis, dan Km 83,8 di wilayah Gendoh. Selain itu akan ada satu titik KOM di Km 115,3 di Pakel, Kecamatan Licin.

"Di titik titik sprint dan Kom ini pembalap akan saling bersaing untuk merebut poin," ujarnya.

Kompetisi balap sepeda kategori 2.2 ini akan digelar dalam empat etape pada 27-30 September dengan total lintasan sepanjang 533 Km. Even ini diikuti sebanyak 19 tim balap sepeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati Minta Kampus Jangan Menjadi Menara Gading

Posted: 26 Sep 2017 10:20 PM PDT

Megawati Soekarnoputri menilai selama ini universitas kurang melakukan riset strategis. Padahal, penelitian semacam ini penting. Akhirnya Indonesia dipenuhi produk asing yang lebih sesuai kebutuhan masyarakat. 

"Kalau kita melakukan riset strategis, barang mereka tidak laku di sini," kata Mega dalam pidato ilmiah pengukuhan gelar doktor honoris causa di Universitas Negeri Padang, Rabu (27/9/2017)

Mega mengingatkan kampus jangan menjadi menara gading. Kegiatan akademik tidak bisa mengambil jarak dengan kenyataan yang dihadapi masyakarat.

"Universitas bukan untuk menghasilkan ide ilmu untuk ilmu. Ilmu akan menjadi ilmu bila bermanfaat bagi kemanusian," lanjut Mega.

Ia berkomitmen mendorong politik pendidikan yang menghasilkan akademisi organik.

Akademisi semacam itu, lanjut Mega, diliputi kegelisahan. Mereka akan mencari solusi ilmiah problematika rakyat.

"Pengetahuan adalah berjuang untuk tanah air dan bangsa," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Isi Rumah Mewah Pasangan Jay Z dan Beyonce

Posted: 26 Sep 2017 10:18 PM PDT

Pasangan Beyonce dan Jay Z dikabarkan baru saja membeli sebuah rumah di kawasan elit Hamptons. Sebelumnya, pasangan ini telah memiliki hunian di area megamansion Los Angeles. Namun kini, keduanya dikabarkan telah membeli sebuah properti mewah di kawasan Pantai Pantai Timur, Hamptons.

Penasaran bagaimana mewahnya rumah pasangan Jay Z dan Beyonce? Simak di sini. (Foto: wwd.com)

Hunian yang mereka pilih merupakan properti yang dikenal dengan nama Pond House. Lokasi mewah ini juga terkenal dengan lingkungan yang akrab dengan beberapa nama selebritas ternama Hollywood yang menghuni area tersebut. Sebut saja Martha Stewart, Steven Spielberg, serta Russell Simmons yang nantinya akan menjadi tetangga dari Beyonce dan Jay Z.

 

 

Pasangan yang sukses di kancah musik dunia ini memilih sebuah rumah mewah dengan fasilitas yang menakjubkan. Bayangkan saja, rumah ini terdiri dari 7 kamar tidur dan 9 kamar mandi. Artinya, rumah ini memiliki cukup ruang untuk ketiga buah hati mereka, Blue Ivy, dan si kembar Rumi dan Sir.

Penasaran bagaimana mewahnya rumah pasangan Jay Z dan Beyonce? Simak di sini.

Selain itu, rumah mewah ini juga memiliki guest cottage yang dilengkapi dengan dua kamar tidur. Nantinya, ruangan ini bisa digunakan untuk para kerabat yang datang mengunjungi mereka. Selain itu, infinity pool dan spa juga hadir melengkapi rumah milik Beyonce dan Jay Z ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Ancam Blokir Facebook, Apa Sebabnya?

Posted: 26 Sep 2017 10:16 PM PDT

Rusia mengatakan akan memblokir Facebook pada 2018 jika jaringan sosial tersebut tidak mematuhi undang-undang penyimpanan data lokal.

Alexander Zharov, kepala regulator komunikasi, teknologi informasi, dan media massa Rusia (Roskomnadzor) mengatakan undang-undang itu wajib bagi semua perusahaan.

"Dalam semua kasus, kami akan memastikan bahwa hukum dipatuhi, atau perusahaan harus berhenti beroperasi di Federasi Rusia. Tidak ada pengecualian," katanya sebagaimana dikutip dari CNN Tech, Rabu (27/9/2017).

Untuk diketahui, undang-undang tentang penyimpanan data pribadi Rusia mulai berlaku pada September 2015. Hal ini mewajibkan perusahaan yang mengumpulkan data pribadi pengguna untuk menyimpannya di dalam negeri.

Zharov mengatakan, pihaknya belum berkomunikasi dengan Facebook, namun ia menekankan perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu harus segera mematuhi undang-undang.

"Pada 2018, kami bakal mempertimbangkannya dan mungkin akan kami cek," tegasnya.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan Facebook adalah perusahaan komersial yang menghasilkan uang di Rusia. Oleh karena itu Facebook harus mematuhi undang-undang tersebut.

Di sisi lain, Zharov menuturkan bahwa Roskomnadzor telah menerima surat dari Twitter yang mengatakan mereka akan menyesuaikan undang-undang penyimpanan data yang dimulai pada 2018. Namun Facebook dan Twitter menolak berkomentar.

Sebelumnya, LinkedIn, dianggap telah melanggar undang-undang dan kemudian diblokir oleh Roskomnadzor pada November 2016.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apindo: Lelang Tak Selesaikan Masalah Perembesan Gula Rafinasi

Posted: 26 Sep 2017 10:15 PM PDT

Kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melaksanakan lelang gula kristal rafinasi (GKR) dinilai tidak akan efektif. Kebijakan lelang ini justru akan memberatkan para pelaku industri pengguna GKR di dalam negeri.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengatakan, kebijakan lelang GKR dinilai tidak efektif menyelesaikan masalah di sektor pergulaan, seperti pemerataan harga bahan baku gula bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dan menutup potensi perembesan GKR ke pasaran.

"Kami melihat tujuan dari Kemendag justru tidak menyelesaikan masalah dari apa yang mereka inginkan. Tiga tujuan dari lelang gula ini kan, supaya UKM punya akses harga yang sama dengan perusahan besar. Kemudian ada Transparansi dalam peredaran gula, dan menghindari rembesan. Ini tidak akan tercapai," ujar dia di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Haryadi mengungkapkan, perbedaan harga gula yang diterima oleh UKM dengan industri besar merupakan hal yang wajar. Sebab, industri besar membutuhkan bahan baku gula dalam jumlah yang banyak sehingga wajar jika bisa mengaksesnya langsung ke produsen gula rafinasi dan mendapatkan harga yang murah.

"Kalau harganya bisa lebih murah bagi UKM rasanya secara alamiah sulit. Pasti yang kebutuhannya besar akan mendapatkan penawaran yang besar. Sama seperti beli Indomie di Alfamart Indomaret pasti harganya lebih mahal ketimbang langsung dari produsen mi-nya Indofood," kata dia.

Kemudian soal transparansi peredaran gula rafinasi, lanjut dia, dengan skema pembelian gula rafinasi yang sebelum telah berjalan antara produsen gula rafinasi dengan industri penggunanya justru sudah transparan. Sebab, pembeliannya dilakukan atas dasar business to business (B to B) dengan adanya kontrak.

"Soal transparansi, gula rafinasi kan yang mengkonsumsi sektor industri. Kalau yang dikonsumsi masyarakat itu gula kristal putih, spec-nya beda. Jadi pola pembeliannya pun B to B, harusnya transparansinya jelas karena ada kontrak," jelas dia.‎

Sementara terkait dengan rembesan gula rafinasi ke pasaran, menurut Haryadi tidak mungkin industri besar pengguna menjual gula rafinasinya ke pasaran. Sebab, gula rafinasi yang menjadi bahan baku untuk makanan atau minuman olahan memiliki nilai tambah yang lebih besar ketimbang menjual rafinasi mentah-mentah.

"Soal rembesan, harga gula kita termasuk yang tertinggi. Kalau di Indonesia harganya Rp 12 ribu, nyeberan sedikit (ke negara tetengga) harganya Rp 7 ribu, maka wajar kalau ada orang yang ambil keuntungan. Buat apa industri jual gulanya? Karena kalau dibuat makanan minuman nilai tambahnya sudah tinggi, ngapaian dia jualan gula," ungkap Haryadi.

Oleh sebab itu menurut dia, lebih baik pemerintah fokus untuk membuat harga gula di dalam negeri lebih kompetitif ketimbang memperpanjang rantai distribusi gula rafinasi dengan menerapkan kebijakan lelang.

"Jawabannya bagaimana kita buat gula lebih kompetitif dibanding dengan negara lain. Industri mau gula yang lebih murah. Kalau ini (lelang) dilaksanakan harganya akan lebih mahal karena ada rangkaian rantai baru," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melelang 2,5 juta ton Gula Kristal Rafinasi (GKR) senilai Rp 24 triliun pada 8 Januari 2018. Lelang tersebut mundur dari jadwal yang telah direncanakan sebelumnya pada 1 Oktober 2017.

Gula kristal rafinasi adalah gula yang diproses dari gula kristal mentah (raw sugar). GKR diperuntukkan bagi industri dan diperdagangkan melalui mekanisme lelang komoditas.

Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kemendag, Bachrul Chairi mengungkapkan, pemerintah melelang gula rafinasi dengan jumlah 2,5 juta ton. Dengan asumsi harga jual Rp 9.600 per kilogram (kg), maka nilai lelang gula diperkirakan sekitar Rp 24 triliun.

"Jumlah gula rafinasi yang dilelang 2,5 juta ton dikalikan saja harganya Rp 9.600 per kg. Itu nilainya," ujar Bachrul saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Jadwal lelang gula rafinasi dipastikannya berlangsung pada 8 Januari 2018. Ini mundur dari waktu pelaksanaan sebelumnya yang direncanakan 1 Oktober 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Harry Kane Mengamuk di Liga Champions

Posted: 26 Sep 2017 10:15 PM PDT

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane berusaha melewati beberapa pemain APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9).Tottenham menang telak 3-0 atas APOEL Nicosia. (AP Photo/Petros Karadjias)

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane berusaha melewati beberapa pemain APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9).Tottenham menang telak 3-0 atas APOEL Nicosia. (AP Photo/Petros Karadjias)

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiganya ke gawang APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9). Harry Kane mencetak tiga gol dipertandingan ini. (AP Photo/Petros Karadjias)

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane melakukan selebrasi usai mencetak gol ketiganya ke gawang APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9). Harry Kane mencetak tiga gol dipertandingan ini. (AP Photo/Petros Karadjias)

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane membawa bola usai pertandingan melawan APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9). Harry Kane mencetak tiga gol dipertandingan ini. (AP Photo/Petros Karadjias)

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane membawa bola usai pertandingan melawan APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9). Harry Kane mencetak tiga gol dipertandingan ini. (AP Photo/Petros Karadjias)

Suporter Tottenham Hotspur merayakan kemenangan timntya mengalahkan APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9).Tottenham menang telak 3-0 atas APOEL Nicosia. (AP Photo/Petros Karadjias)

Suporter Tottenham Hotspur merayakan kemenangan timntya mengalahkan APOEL Nicosia pada grup H Liga Champions di stadion GSP, Nicosia, Siprus (26/9).Tottenham menang telak 3-0 atas APOEL Nicosia. (AP Photo/Petros Karadjias)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habis Hujan-hujanan, Mobil Jangan Cuma Dilap Tapi Wajib Dicuci

Posted: 26 Sep 2017 10:11 PM PDT

Hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Ibu Kota membuat sejumlah ruas jalan menjadi macet. Di luar itu, akibat hujan dipastikan membuat kendaraan menjadi kotor.

Parahnya, usai terkena air hujan, para pengendara kerap malas untuk membersihkan air yang menempel di bodi mobil. Padahal hal tersebut bisa membuat bodi terlihat bercak, jamur bahkan pudar.

Service Manager Plaza Toyota Cabang Pramuka, Parman Suanda mengatakan, jika mobil terkena air hujan ada baiknya sang pemilik tidak hanya sekadar mengelap bodi.

"Pada dasarnya air hujan itu lebih asam. Kalau cuma dilap saja itu tetap akan masih kotor," kata Parman kepada Liputan6.com saat ditemui di bengkel Plaza Toyota Cabang Pemuda, di jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan, jika mencuci mobil ada baiknya tidak dilakukan saat turun hujan. Termasuk menggunakan air hujan yang sebelumnya sengaja ditampung.

Mobil selalu sering terkena paparan sinar matahari langsung kemudian air hujan, juga dapat merusak cat mobil.

Ada baiknya jika usai dicuci, maka mobil di lap hingga kering dan jangan sampai meninggalkan bercak. Setelah itu, mobil disimpan di garasi dan tertutup menggunakan sarung.

Penggunaan air sumur juga tidak dianjurkan, sebab hal itu justru akan membuat warna bodi berubah.

Menurut laman jwaterfilter.com air sumur yang kuning umumnya disebabkan karena air tersebut mengandung zat besi dan kadar Mangan (Mn) yang berlebihan. Molekulnya dapat menembus dan mengendap pada apa yang dikenainya, termasuk bodi kendaraan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Sejumlah kendaraan menerobos banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Akibat hujan deras, kawasan di Jalan Kemang kembali tergenang air. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Perawatan mobil saat musim hujan harus tetap dilakukan. Pasalnya, kadar asam hujan bisa merubah warna cat mobil sehinga lebihcepat pudar.

Menurut Parman penggunaan shampo mobil yang sesuai aturan jelas tidak masalah. Selama kandungan kimia yang ada dikandungnya tidak berbahaya bagi bodi mobil.

Dia juga mengatakan, warna mobil yang paling mudah terlihat bercak akibat jamur biasanya adalah hitam dan biru.

"Kalau jamurnya mengering jadi bercak, jadi biaya yang dikeluarkan akan lebih banyak.Sebab mobil harus ke salon paling tidak (biayanya) Rp 350 ribu, padahal kalaucuci paling Rp 25 ribu," tuturnya.

Namun ada juga yang mengatakan, warna-warna mobil cerah seperti putih-perak , direkomendasikan rajin dilakukan poles ulang satu tahun dua kali.

"Karena cat cerah lebih mudah terlihat kusam, maka sebaiknya poles ulang enam bulan sekali," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rasa Iba Dorong Deddy Corbuzier Bikin Lagu tentang Ojek

Posted: 26 Sep 2017 10:10 PM PDT

Selain menjajal dunia perfilman dan vlog, presenter sekaligus mentalis Deddy Corbuzier ternyata diam-diam terlibat dalam sebuah proyek musik. Uniknya, proyek yang digagasnya bersama Eka Gustiwana tersebut melibatkan para tukang ojek online.

Lagu berjudul "Jangan Di Cancel" itu berisi luapan hati para tukang ojek online yang telah susah payah melayani pelanggannya. Videoklipnya sendiri sudah dipamerkan oleh Deddy Corbuzier di akun salah satu situs berbagi video sejak Senin (25/9/2017) lalu.

Deddy Corbuzier (YouTube)

Deddy Corbuzier sendiri memiliki peran sebagai produser bersama Eka Gustiwana dalam pembuatan lagunya itu. Pada keterangan videoklip yang diunggah melalui akunnya sendiri ini, rasa iba menjadi alasan Deddy dalam membuat lagu itu.

"Mereka adalah asli para tukang ojek online, mereka lah yang kadang membuat kita tersenyum saat makanan kita tiba atau kesal karena menunggu lama.. Membantu kita dikala Macet atau malah membuat macet... Merekalah Para Ojek Online," tulis Deddy dalam keterangan video tersebut.

Deddy Corbuzier melanjutkan, "Tapi kita tak pernah tahu kehidupan di belakang Roda yang menggilas aspal tersebut.. perjuangan mereka.. mencoba mencari sesuap nasi.. Inilah Geng Ojol hasil resah pemikiran kami, Kami mengumpulkan mereka ber 4 yang berasal dari latar belakang berbeda.."

 

 

 

Deddy Corbuzier di acara Ultah Trans TV (Galih W. Satria/bintang.com)

Lebih jauh, Deddy menyebutkan profesi para tukang ojek online tersebut, "Seorang guru yang kurang penghasilan nya tuk keluarga, anak kuliah yang harus berjuang tuk meneruskan kuliahnya, dan mereka yang di tolak kerja di mana mana walau mengantungi Ijasah.."

"Ini adalah curahan hati mereka. Mewakilkan keluarga dan sahabat yang kini juga berjuang di jalan.. Di tempa masalah, di tempa panasnya matahari dan kadang keributan yang tak terhindari tuk mencari makan..."

"Eka dan Saya mencoba tuk melihat sisi hidup mereka..Siapa tahu karya kami dengan mereka ini bisa merubah nasib mereka dan membantu mereka yang ada di jalan saat ini.. From The Minds of Deddy Corbuzier and Eka Gustiwana, Enjoy the music," Deddy menjelaskan.

Grup yang diberi nama Geng Ojol itu terdiri dari Topik Syaiful Amin (bass, vokal), Nickky Demos (drum, vokal), Rezah Darda (gitar, vokal), dan Diyan Susanto (gitar).

Eka Gustiwana (Deki Prayoga/Bintang.com)

Eka Gustiwana yang juga mengunggah video di balik layar videoklip tersebut, turut menuliskan visi dan misi dibuatnya dalam lagu tersebut.

"Semua manusia sama di mata Tuhan, termasuk para penumpang dan driver ojek online, tak ada satu manusia pun yang berhak merendahkan martabat satu sama lain. Saya dan Deddy Corbuzier melakukan hal ini semata untuk mempersatukan, menyuarakan suara hati mereka, dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengekspresikan talenta," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hasil Lengkap Liga 1 Pekan ke-26

Posted: 26 Sep 2017 10:10 PM PDT

Liga 1 telah memasuki pekan ke-26. Persaingan panas semakin terbuka di papan atas klasemen.

Pada Selasa (26/9/2017), ada tiga laga yang digelar di Liga 1. Namun hanya dua tuan rumah yang meraih kemenangan.Sriwijaya FC akhirnya meraih kemenangan pada pekan ini.

Bermain di Stadion Gelora Bumi Sriwijaya, mereka sukses meraih kemenangan 2-0 atas Persela.

Sementara pada pertandingan lain, PS TNI meraih kemenangan tipis atas Mitra Kukar. Mereka menang dengan skor 2-1.

Namun nasib sial dialami Persegres Gresik United. Bermain dengan dukungan penuh suporter, mereka justru dibantai Madura United (MU) dengan skor 3-0.

Hari ini ada satu lagi laga yang akan digelar untuk pekan ke-26 Liga 1. Yakni Persipura Jayapura yang akan menantang PSM Makassar.

Hasil lengkap Liga 1 2017 pekan ke-26:

Sriwijaya FC 2-0 Persela

Gresik United 0-3 Madura United

PS TNI 2-1 Mitra Kukar

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati: Kalau Mau Kebarat-baratan, Jangan Tinggal di Indonesia

Posted: 26 Sep 2017 10:07 PM PDT

Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Dalam pidatonya, Megawati sempat mengingatkan generasi milenial untuk menjunjung tinggi jati diri bangsa.

"Kita punya jadi diri, makanya saya bilang kalau kamu ingin kebarat-baratan ya jangan tinggal di Indonesia, pergi sana kamu ke luar negeri," ujar Megawati di Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Ia pun tak setuju bila mereka yang besar di tahun 2000-an disebut sebagai generasi milenial. Ia khawatir, istilah itu akan membuat generasi baru Indonesia menjadi besar kepala.

"Jadi saya lihat kenapa generasi sekarang, saya sampai bilang kepada Pak Presiden, kenapa sih bilangnya generasi milenial? Nanti mereka sombong loh, sebutnya generasi baru saja," ucap dia.

Dalam pidatonya, Megawati juga menyinggung soal Ujian Nasional (UN). Ia mengaku tidak habis pikir kenapa UN kerap dipermasalahkan.

"UN kok ribut, kenapa ribut? Katanya terlalu susah, padahal ayah (Sukarno) saya bilang kalau belajar itu tidak boleh berkata ini susah," kata Megawati.

Dia pun teringat dengan masa-masa bersekolah dulu. Saat itu, Megawati pernah mendapat nilai 3 dalam mata pelajaran kimia.

"Saya dan teman-teman yang nilainya sama berpikir ini kenapa, sebetulnya kita yang bodoh, atau gurunya yang tidak bisa terangkan. Ternyata setelah ganti guru kami dapat nilai 7, berarti ini gurunya yang bodoh. Kita boleh lho berkata (protes guru) kalau ada yang tidak benar," ungkap Megawati, disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.

Menurut Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri, gelar doctor honoris causa ini diberikan setelah melihat rekam jejak Megawati yang cukup panjang di bidang politik pendidikan.

Dia menilai, putri presiden pertama RI Sukarno itu, berhasil mengubah paradigma pendidikan nasional sejak awal reformasi, yang manfaatnya dirasakan sampai sekarang.

"Ibu Megawati luar biasa berjasa dalam sistem pendidikan nasional ketika Beliau saat menjabat sebagai Presiden telah mengubah paradigma pendidikan nasional," ucap Ganefri.

Salah satu yang dilahirkan Megawati, lanjut dia, adalah berhasil menerbitkan UU Nomor 20 Tahun 2003. UU itu mengimplementasikan amanat konstitusi tentang alokasi 20 persen dana APBN untuk pendidikan. Hal inilah yang membuat Megawati layak diberi gelar doctor honoris causa.

"UU Sisdiknas jelas-jelas mencantumkan tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai realisasi dari nation and character building, pembentukan karakter bangsa yang didengungkan oleh Presiden Sukarno berkali-kali pada masa awal berdirinya Republik Indonesia," pungkas Ganefri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Remaja Pengkritik Mantan PM Singapura Dapat Suaka dari AS

Posted: 26 Sep 2017 10:06 PM PDT

Blogger remaja bernama Amos Yee, yang namanya terkenal gara-gara dianggap menghina mantan PM Singapura, Lee Kuan Yew, akhirnya resmi mendapatkan suaka politik dari Amerika Serikat. 

Namun, perjuangan Amos Yee untuk mendapat suaka penuh tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. 

Pada Desember 2016, Yee meninggalkan Singapura menuju AS dengan tujuan mencari suaka. Namun agen federal imigrasi menahan remaja 18 tahun itu di O'hare International Airport.

Dikutip dari BBC, pada Rabu (27/9/2017), sebenarnya jawaban atas permohonan suaka Yee dikeluarkan pada bulan Maret 2017 lalu. Namun, ia tak jua dibebaskan dari tahanan imigrasi hingga Selasa 26 September 2017 kemarin.

Pada saat membebaskan Yee dari tahanan imigrasi, Departemen Kehakiman AS mengatakan, pihaknya setuju dengan alasan pemohon. Blogger itu beralasan, "menyimpan kekhawatiran atas potensi persekusi di masa depan jika ia tetap tinggal di Singapura", akibat postingan online yang mengkritik pejabat pemerintah Negeri Singa.

Sambil membawa plastik bening berisi barang-barangnya, Yee melenggang keluar dari US Immigration and Customs Enforcement Facility. "Saya merasa terkesima. Ini seperti mimpi," kata Yee.

"Saya punya banyak rencana di masa depan, misalnya membuat video berisi kritik yang lebih mendalam terhadap pemerintah Singapura. Saya juga akan melebarkan sayap politik di AS," lanjut Yee seperti dilaporkan Associated Press.

 

Blogger Remaja Pengkritik Mantan PM Singapura Dapat Suaka dari AS (Facebook)

Yee dikenal karena video daringnya yang mengkritik agama dan pihak berwenang. Singapura menerapkan undang-undang kebebasan berbicara yang ketat, yang melarang penghinaan agama dan ras. Gara-gara ulahnya itu, remaja tersebut sempat dipenjara pada tahun 2015 dan 2016.

Kritikan pertama Yee berupa video yang menyerang pemimpin Lee Kuan Yew dan Yesus Kristus. Ia merilis rekaman kontroversial itu bertepatan dengan wafatnya Sang Bapak Singapura. 

Insiden tersebut menimbulkan kemarahan yang meluas di kalangan publik Singapura. Di sisi lain memicu perdebatan tentang kebijakan sensor negara. Kelompok hak asasi manusia pun mengkritik pemerintah karena mengadili Yee.

Yee adalah sosok remaja yang vokal. Ia bahkan menyuarakan pemikirannya yang kritis sejak berusia 13 tahun. Dengan memiliki status suaka politik, kini Yee bisa mendapatkan green card, dalam satu tahun setelah tinggal di AS.

Meski Departemen Kehakiman AS menyetujui status suaka kepada Yee, namun tidak bagi Homeland Security. Menurut pihak Keamanan Dalam Negeri AS itu, kasus Yee tidak masuk kualifikasi sebagai persekusi politik.

Pemerintah Singapura sebenarnya telah mengkritik keputusan AS yang memberikan Yee status suaka pada Maret lalu.

Kementerian Dalam Negeri Singapura mengatakan saat itu, "AS menyamakan hate speech dengan kebebasan berbicara."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi Jadi Kunci RI Keluar dari Jebakan Kelas Menengah

Posted: 26 Sep 2017 10:04 PM PDT

Inovasi merupakan salah satu kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Inovasi juga menjadi jalan bagi Indonesia keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap). Pemerintah perlu membenahi beberapa faktor dalam rangka meningkatkan inovasi.

Ekonom INDEF, Berly Martawardaya menyebut data Global Innovation Index 2017, peringkat inovasi Indonesia berada di posisi 87 dari total 127 negara. Peringkat ini naik 1 level dibanding tahun sebelumnya. Sementara di tingkat ASEAN, Indonesia berada jauh di bawah Malaysia (37), dan Vietnam (47).

Beberapa negara, seperti Korea Selatan dan Taiwan mampu mencapai predikat negara berpendapatan atas dengan motor industri teknologi tinggi (hi-tech) dan didukung dengan kebijakan yang memadai. Berly menyatakan, rendahnya tingkat inovasi di Indonesia tidak terlepas dari beberapa faktor.

"Pertama, regulasi yang belum sepenuhnya mendukung, level pendidikan yang masih rendah, serta anggaran riset yang relatif kecil," kata Berly dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Regulasi contohnya, Berly mengakui, aturan soal hak paten cukup lemah. Dia menilai, persoalan paten sangat mendesak karena peringkat Indonesia dalam jumlah paten terdaftar berada di urutan ke 103 dari 127 negara.

"Indonesia menjadi salah satu negara yang sedikit kontribusinya terhadap inovasi di dunia," ujar dia.

Hal kritis lainnya yang perlu dibenahi adalah minimnya belanja penelitian dan pengembangan (litbang) atau riset. Berly mengungkapkan, belanja riset Indonesia hanya sebesar 0,2 persen terhadap PDB selama dua tahun terakhir. Sementara negara lain di ASEAN, seperti Singapura dan Thailand sudah di atas 2,5 persen.

"Tentu dengan anggaran pemerintah yang terbatas dalam hal riset, peran swasta harus lebih banyak dilibatkan. Swasta bisa berkontribusi apabila ekosistem riset termasuk kebijakan inovasi, khususnya berkaitan dengan paten mendukung," ujar Berly.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Pemberian hak paten di Indonesia telah mendapat perhatian dari pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi telah menetapkan keputusannya untuk membuat Indonesia mampu bersaing dalam rantai pasokan global melalui inovasi dengan standar kualitas yang tinggi.

Aspek utama untuk mendorong tercapainya misi ini adalah dengan memiliki perlindungan paten yang kuat bagi seluruh pelaku inovasi. Menurut Berly, hasil penelitian INDEF pun menemukan adanya korelasi yang positif antara hak paten dan pertumbuhan ekonomi.

Berly mengemukakan, setiap 1 persen kenaikan jumlah hak paten yang terdaftar berkorelasi positif dan signifikan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia 0,06 persen.

"Artinya bila jumlah paten bisa naik 10 persen saja, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih tinggi 0,6 persen. Selisih yang tidak kecil mengingat tiga semester ini rate pertumbuhan Indonesia sulit naik dari angka 5,01 persen," jelasnya.

Itikad untuk meningkatkan jumlah dan perlindungan paten pun tercermin dalam Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2016 yang merupakan revisi dari UU Nomor 14 Tahun 2001. Banyak poin bagus UU, namun juga ada yang kurang kondusif.

Salah satunya terkait dengan kewajiban pemegang paten untuk melakukan produksi di dalam negeri (Pasal 20). Ada dua dampak negatif dari pemberlakuan aturan ini. Pertama, aturan kewajiban memproduksi di dalam negeri berpotensi membatasi pemegang paten lokal untuk melakukan ekspansi secara global dengan memilih negara yang paling optimal untuk berproduksi.

"Perusahaan yang seharusnya bisa go international dan menjadi pemain dunia dengan pasal ini tidak bisa melakukan produksi di luar negeri, di mana sektor tertentu lebih cost effective. Sebaiknya pemerintah mencermati kembali dampak ketentuan ini terhadap perusahaan lokal," tutur dia.

Kedua, dampak dari adanya kewajiban pemegang hak paten memproduksi di dalam negeri akan banyak perusahaan terutama di bidang farmasi dan teknologi yang biaya produksinya tinggi jadi enggan menjual produknya di Indonesia, padahal banyak produk kedua sektor itu yang penting bagi kesehatan dan supply chain industri.

"Yang dibutuhkan saat ini adalah insentif untuk menarik lembaga untuk berlomba-lomba supaya mendaftarkan patennya," kata Berly.

Dalam aturan mengenai paten, Berly menyarankan, sebaiknya pemerintah menyiapkan skema insentif untuk peneliti di perguruan tinggi maupun pihak swasta yang melakukan pengembangan inovasi dan riset.

Berkaca dari negara lain yaitu Jepang dan Korea, kunci keberhasilan mendorong pertumbuhan paten terkait erat dengan insentif yang diberikan oleh pemerintah.

"Insentif untuk mendorong inovasi bisa berupa pemotongan pajak pada perusahaan yang inovatif baik melalui tax allowance, lebih dari 100 persen tax deduction on reserch expenditure dan tax holiday atau skema insentif non-fiskal lain termasuk mempermudah prosedur dan biaya pendaftaran paten," kata dia.

"Prosedur paten perlu dipermudah dan dipercepat. Jika proses pengajuan paten masih lama dan mahal, maka perusahaan di sektor hi-tech akan berfikir sekian kali sebelum investasi di Indonesia," kata Berly.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Kasus Begal Sopir Ojek Online di Medan Terpecahkan dalam 30 Jam

Posted: 26 Sep 2017 10:01 PM PDT

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, dalam kurun waktu 30 jam, petugas gabungan dari Polrestabes Medan dan Polsek Medan Baru berhasil mengamankan para pelaku begal terhadap sopir transportasi online Grab Car dan sopir ojek online Grab Bike.

Kapolda menjelaskan, dua pelaku begal dengan korban pengemudi Grab Bike bernama Ridwan Limbong berhasil dilumpuhkan. Kedua begalbernama Zeilani alias Z dan Herianto alias Ari Tato, tewas ditembus timah panas.

Sebelumnya, seorang rekan mereka bernama Meilando Dewantoro tertangkap warga saat mencoba membawa kabur sepeda motor korban pada Sabtu, 23September 2017. Sementara, seorang anggota komplotan begal berinisial A masih diburu.

Kapolda menuturkan, penangkapan pelaku begal yang menewaskan sopir Grab Bike itu dimulai dengan upaya menangkap Zeilani. Polisi mendapatkan informasi bahwa yang bersangkutan sedang melintas di Jalan HM. Joni mengendarai sepeda motor Honda Vario bernopol BK 5346 AHA pada Senin, 24 September 2017,sekitar pukul 23.50 WIB.

Tim gabungan yang dipimpin Kasat Reskrim Polrestabes Medan AKBP Febriansyah berusaha mengejar dan menangkap Z, yang diketahui sebagai pelaku utama penikaman pengemudi ojek online itu. Pada saat diminta menunjukkan keberadaan tersangka lainnya, Z melawan aparat menggunakan pisau dan berusahamelarikan diri.

"Saat melakukan perlawanan, Z diberikan tindakan tegasterukur. Pelaku kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diberikan pertolongan medis, namun pelaku dinyatakan meninggal dunia," kata Waterpauw, Selasa, 26 September 2017.

Pada Senin, 25 September 2017, sekitar pukul 21.00 WIB, tim gabungan kembali mendapatkan informasi keberadaan kawanan begal lain bernama Herianto alias Ari Tato di Jalan Sabaruddin, Kecamatan Medan Area. Saat disergap, ia menghunuskan pisau dan menyerang petugas.

"Tim gabungan memberikan peringatan, namun tidak diindahkan pelaku, dan pelaku terus menyerang petugas, sehingga dilakukan tindakan tegas. Pelaku Herianto ini merupakan warga Tembung, Percut Sei Tuan,Deli Serdang," kata Kapolda.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Para tersangka pembegalan sopir ojek online kebanyakan meninggal ditembus peluru polisi. (Liputan6.com/Reza Efendi)

Tidak hanya menembak mati pelaku begal sopir Grab Bike, polisi juga bertindak serupa kepada pelaku begal David Julher Simanjuntak,sopir Grab Car. Pria berusia 46 tahun, warga Jalan Kemiri II, Gang Harjo ituditemukan meninggal dunia di dalam parit di Jalan Sempurna, pada Minggu, 24 September 2017.

Dua pelaku begal dengan korban David yang tewas ditembakpolisi adalah Ari dan M. Rizky. Keduanya mencoba melawan polisi agar lolos darisergapan. Saat hendak disergap, perampok sadis itu sempat membawa mobil Avanzaputih BK 1281 BP hasil rampokan itu keliling Kota Medan.

Petugas gabungan yang telah membentuk tim mmengejar mereka.Polisi terlibat aksi kejar-kejaran hingga akhirnya para behal yang masih beradadi dalam mobil menabrak sebuah pohon hingga bagian kanan depan mobil ringsek.

Karena terpojok tak bisa lari, tersangka Ari yang berada dibangku kemudi keluar dengan membawa pisau. Ia berusaha melawan dan mengayunkansenjata tajam ke petugas. Menghadapi tersangka yang melawan, petugas mengambiltindakan tegas dengan menembak Ari.

Melihat temannya terkapar, Rizky keluar dari pintu belakangsebelah kiri dan berusaha merebut senjata api petugas. Kembali, petugas menembak tersangka hingga akhirnya meninggal dunia. Di dalam mobil hasilrampokan tersebut, masih terdapat barang bukti hasil kejahatan mereka milikkorban.

"Untuk pelaku ini terjadi pada Senin, 25 September2017, sekira pukul 06.00 WIB," kata Waterpauw.

Kapolda menyampaikan belasungkawa kepada para keluarga korban begal yang meninggal dunia, yaitu Ridwan Limbong, pria 34 tahun yang meninggal dunia setelah dirampok di kawasan Jalan Juanda, Kecamatan MedanPolonia, dan David Julher Simanjuntak, pria berusia 46 tahun, warga Jalan Kemiri II, Gang Harjo, yang ditemukan meninggal dunia di dalam parit, Jalan Sempurna.

"Kita juga akan terus memberikan tindakan tegas bagipelaku begal sadis," ucap Kapolda.

Sementara, istri David Julher Simanjuntak, Tiodora Sihombingyang hadir dalam paparan kasus begal di Rumah Sakit Bahyangkara Polda Sumut, Jalan KH. Wahid Hasyim, mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian karena berhasil mengungkap dan mengamankan para begal yang menewaskan suaminya.

"Walaupun pelaku sudah meninggal, saya tetap berterimakasih kepada Bapak Kapolda yang sudah mengungkap kasus ini," ujarnya singkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Model Playboy Goda Bintang Inter Milan

Posted: 26 Sep 2017 10:00 PM PDT

Muda dan berprestasi, itulah Mauro Icardi. Tak heran jika banyak yang menggilai penyerang Inter Milan tersebut, terutama kaum hawa. 

Pesona Icardi benar-benar membuat fans takjub. Salah satunya April Summers, model Playboy itu sampai tak bisa menahan diri untuk menggoda sang idola, sampai-sampai dia lupa bahwa bomber asal Argentina tersebut sudah punya istri dan anak.

Pekan lalu April mengunggah video ucapan selamat kepada Icardi di Instagram. Dia ingin ikut merayakan penampilan ke-150 bintang 24 tahun itu bersama La Beneamata.

"Selebrasi untuk si tampan kapten @Mauroicardi dan 15 pertandingan untuk Inter hari ini. Kami cinta Inter," tulis April, dikutip elbalonrosa.

Dalam video itu, April tampil sangat vulgar. Dia hanya mengenakan bikini berwarna merah marun, sambil membawa bendera Inter.

Wanita asal Inggris itu sudah lama kagum dengan Icardi. Tidak heran juga bila banyak mencuat kabar yang menyebut kalau dia tengah bersiap merebut bekas penggawa Sampdoria tersebut dari pelukan model panas Wanda Nara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Susul Kylie Jenner, Khloe Kardashian Juga Hamil Anak Pertama

Posted: 26 Sep 2017 10:00 PM PDT

Klan Kardashian-Jenner tampaknya belum puas mengagetkan publik dunia dengan kabar kehamilan Kylie Jenner. Menyusul sang adik, kini Khloe Kardashian dikabarkan tengah mengandung buah cintanya dengan sang kekasih Tristan Thompson.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh E! News, Selasa (26/9/2017), melalui beberapa sumber. "Khloe sangat amat bahagia, kau bahkan tak bisa membayangkan itu," ujar salah satu sumber itu.

Khloe Kardashian dan Tristan Thompson semakin sering pamer kemesraan. Rasa cinta yang semakin tumbuh, kabarnya membuat Khloe mengharapkan seorang anak dari kekasihnya tersebut. (doc.aceshowbiz.com)

Kehamilan tersebut memang telah lama diimpikan Khloe Kardashian. Dalam tayangan Keeping Up With The Kardashian, adik Kim Kardashian itu kerap mengungkap bahwa dirinya ingin membangun keluarga bahagia dengan Tristan Thompson.

"Tristan dan aku sering berbicara soal membangun keluarga," ujar Khloe Kardashian pada episode akhir musim ke-13. Mantan istri Lamar Odom tersebut pun bercanda soal jumlah anak yang mereka inginkan.

"Dia (Tristan Thompson) ingin punya anak lima atau enam denganku, dan itu sangat indah. Kami bisa mulai dengan satu anak. Tapi sekarang, aku kan enggak pakai alat kontrasepsi, takut juga. Ini seperti langkah besar," lanjut Khloe Kardashian.

Sebelumnya, publik dunia geger dengan kabar kehamilan adik sambung Khloe Kardashian , Kylie Jenner. Namun, hingga kini Kylie Jenner belum mengungkap tanggapan apa pun soal berita mengejutkan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pelupa Bikin Anda Makin Pintar

Posted: 26 Sep 2017 10:00 PM PDT

Seringkali orang membanggakan diri karena memiliki memori yang kuat. Menurut sebuah penelitian yang diambil dari Health, Rabu (27/9/2017), memiliki ingatan yang akurat ternyata dapat menyesatkan juga.

Melupakan sesuatu, dalam peneitian ini, dianggap sangat normal, dan ternyata malah membuat seseorang bertambah pintar juga. Mengapa? Karena tujuan dari sebuah memori sebenarnya tidak sekedar hanya agar selalu dapat diingat kembali.

Memori dikatakan lebih berfungsi untuk mengoptimalkan kecerdasan dalam mengambil keputusan, dengan menyimpan apa yang dianggap penting dan membuang ingatan yang tidak perlu.

Menurut Blake Richards dari Universitas Toronto, sangat penting bagi otak untuk membuang detil ingatan yang tidak penting dan lebih fokus pada keputusan yang akan diambil.

Fakta-fakta ini disimpulkan dari data pada ingatan, memori yang hilang, dan aktivitas otak pada manusia dan hewan. Pada percobaan di tikus contohnya, sel otak baru ditemukan pada hippocampus - sebuah area otak yang berelasi pada sistem dalam mempelajari hal baru - yang pada akhirnya berakibat pada terbentuknya ingatan baru.

Pergantian antara ingatan lama ke ingatan baru ini membuat seseorang akan lebih mudah beradaptasi dan merelakan data lama yang juga menyebabkan kesalahan informasi. Bahayanya, terpakunya seseorang pada ingatan lama, akan membuat informasi baru ke otak susah diterima.

Banyak orang bangga telah mencetak skor tinggi dalam sebuah permainan. Sayangnya, pembentukan ingatan pada otak tidak dipengaruhi pada kemenangan yang didapat di sebuah kuis atau permainan, tapi lebih pada bagaimana seseorang dapat memutuskan keputusan yang bijaksana.

Dan pada saat seseorang berhasil mengambil sebuah keputusan yang tepat, maka waktunya untuk melupakan beberapa ingatan yang ada di otak seseorang.

Penelitian ini juga merekomendasikan untuk membersihkan ingatan dari sistem otak secara reguler dengan melakukan olahraga. Olahraga dikatakan akan menambah neuron pada hippicampus, yang mungkin menyebabkan beberapa ingatan hilang dari otak.

Hilangnya ingatan lama tersebut sebenarnya tanda, ingatan tersebut tidak perlu terus dimiliki. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk membuat keputusan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikira Kanker, Ternyata Benda Ini Tertanam Selama 40 Tahun

Posted: 26 Sep 2017 10:00 PM PDT

Seorang pria di Inggris tak menyangka bahwa sebuah mainan kerucut lalu lintas akan hinggap di dalam paru-parunya selama 40 tahun. Awalnya, pria itu dirujuk ke klinik pernafasan di Preston, Inggris, karena mengeluhkan batuk berlendir kuning dan merasa tidak enak badan selama lebih dari satu tahun. Kemudian, dokter memindai paru-paru pria tersebut.

Dokter mengira bahwa pria berusia 47 tahun itu mengidap kanker paru-paru, karena mempunyai riwayat sebagai perokok aktif dalam jangka waktu yang lama dan sempat menderita pneumonia. Dilansir dari The Guardian, pria itu pun menjalani proses bronskopi untuk melihat langsung ke dalam area paru-paru yang diduga terjangkit tumor. Namun, bukannya tumor yang ditemukan oleh dokter, melainkan sebuah mainan kerucut lalu lintas. 

Mainan tersebut ternyata berasal dari hadiah mainan yang diterima oleh pria paruh baya itu saat ia berusia 7 tahun. Menurut laporan dari BMJ Case Reports, pria tersebut mengaku telah menelan potongan mainan dari 'Playmobil', mainan populer yang berasal dari Jerman, semasa kecilnya.

Para dokter mengatakan bahwa kasus ini tidak biasa terjadi, sebab biasanya ketika anak-anak menelan atau memasukkan benda-benda kecil ke dalam tubuh mereka, hal tersebut akan segera diketahui. Namun, pada kasus ini, gejalanya baru ditemui setelah 40 tahun berlalu. Bagi mereka, ini adalah kasus pertama sebuah benda asing ditemukan dalam tubuh setelah hampir empat dekade berlalu.

Mereka pun memikirkan cara pria tersebut dapat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan mainan plastik yang ada di dalam paru-parunya. Setelah menjalani prosedur pengambilan benda tersebut, pria itu dilaporkan tidak mengalami batuk dan gejala lainnya semakin membaik setelah empat bulan berlalu.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadir di ITU 2017 Korea, Indigo Sedot Banyak Atensi

Posted: 26 Sep 2017 10:00 PM PDT

Sejumlah pelaku teknologi informasi komunikasi (TIK) global terlihat antusias dengan program Indigo.id yang ditampilkan dalam International Telecommunication Union (ITU) Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan, Selasa (26/9/2017).

Menurut Head of Marketing & International Channel Divisi Digital Service PT Telkom R. Bayu Hartoko, pengujung acara sangat antusias terhadap startup binaan Indigo.id yang memberikan dampak sosial secara masif bahkan bisa berdampak global.

Pelaku TIK global yang tertarik antara lain Samsung Electronics, Telecom Malaysia, sejumlah stasiun televisi asing, serta delegasi dari sejumlah negara.

"Mereka cukup tertarik dengan Growpal yang bisa menyelesaikan masalah petambak ikan alami ketika mengakses modal, kemudian Arkademy yang ingin meningkatkan mutu pendidikan sekolah menengah kejuruan di jurusan teknologi informasi komunikasi sehingga bisa lebih bisa diterima industri," katanya dalam keterangan pers dari Busan, Korea Selatan.

Selain itu, ada juga startup Angon yang ingin menyelesaikan masalah kesenjangan ekonomi antara masyarakat pedesaan dengan perkotaan dengan membuat aplikasi ternak digital.

Bayu mengatakan, Indigo sangat serius membantu startup yang ingin menyelesaikan berbagai tantangan di tanah air. Karena dengan membantu mereka, maka Telkom (selaku pemilik program Indigo Creative Nation) ada andil kongkrit untuk perekonomian digital Indonesia yang diprediksi tumbuh menjadi USD 30 miliar di 2030 sesuai harapan ekonomi digital Presiden Jokowi.

Bayu menambahkan, saat ini Indonesia memiliki banyak masalah lokal yang harus dilihat bukan sebagai hambatan, tetapi sebagai peluang yang bisa digarap serius oleh startup dan bisa menjadi peluang bisnis yang sinergi dengan kebijakan di Tanah Air.

"Namun kami juga tidak mau semata-mata melakukan program pertukaran startup di acara ini, harus ada strategic value yang dapat ditawarkan calon mitra mancanegara. Wong jumlah penduduk kita mencapai 255 juta jiwa, paling tinggi di Asean, masa pertukaran dengan negara yang populasinya lebih sedikit?" katanya.

"Kami targetkan di akhir tahun 2018 mendatang, Indigo.id mampu menjadi digital innovation hub di Asia Tenggara. Let's go together, let's grow together," pungkasnya.

(Msu/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parade Aksesori Nyentrik dari Milan Fashion Week

Posted: 26 Sep 2017 10:00 PM PDT

Aksesori sudah menjadi hiasan pelengkap untuk menyatakan gaya Anda. Apapun busananya, paduan aksesori yang tepat mampu memberikan impresi spesial pada tampilan.

Beragam desainer ternama pun terus menampilkan koleksi aksesori dengan model yang variatif untuk melengkapi koleksi pakaian mereka. Terlihat dari panggung mode Milan Fashion Week, sejumlah brand legendaris turut menampilkan rangkaian aksesori yang menyita perhatian.

Desain yang ditampilkannya pun tak hanya menyajikan kesan manis semata. Namun, aksesori statement bernuansa playful hingga super glamor hadir di panggung Milan Fashion Week.

Penasaran, seperti apa si aksesori unik yang akan menjadi tren di tahun mendatang? Simak tren berikut yang telah dirangkum dari elle.com berikut ini.

1. Dolce & Gabbana

Aksesori sudah menjadi benda wajib yang dimiliki untuk menambah gaya Anda. Agar selalu stylish, simak tren dari Milan Fashion Week berikut. (Foto: Elle.com)

Presentasinya di Milan Fashion Week cukup menarik atensi. Parade tren busana di musim mendatang serta dilengkapi aksesori unik, membuat kita tak henti-hentinya merayakan koleksi dari brand ternama Dolce & Gabanna. Kali ini, beragam aksesori quirky ditampilkan mulai dari anting yang mengadopsi bentuk sayur-sayuran, aneka dessert yang disulap menjadi deretan aksesori menggemaskan hingga kacamata yang kental akan nuansa pop, semuanya terangkum tren yang dilansir Dolce & Gabbana.

2. Versace

Aksesori sudah menjadi benda wajib yang dimiliki untuk menambah gaya Anda. Agar selalu stylish, simak tren dari Milan Fashion Week berikut. (Foto: Elle.com)

Dominasi warna serta material emas menjadi higlight dari aksesori yang ditampilkan oleh Versace. Beragam kalung bermotifkan biota laut hingga aksesori berlogo Versace bisa menjadi opsi tepat untuk melengkapi gaya Anda di musim mendatang.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

Aksesori sudah menjadi benda wajib yang dimiliki untuk menambah gaya Anda. Agar selalu stylish, simak tren dari Milan Fashion Week berikut. (Foto: Elle.com)

Apakah Anda seorang traveler dan menyukai destinasi tropis? Missoni melengkapi koleksinya dengan topi anyam berukuran luar biasa besar berpadu motif-motif yang menggemaskan. Selain stylish, aksesori ini juga akan sukses menjadikan Anda pusat perhatian

4. Moschino

Aksesori sudah menjadi benda wajib yang dimiliki untuk menambah gaya Anda. Agar selalu stylish, simak tren dari Milan Fashion Week berikut. (Foto: Elle.com)

Kesan rebel terlihat jelas dari aksesori yang dihadirkan di panggung Moschino. Aplikasi studs, spike, buckle statement yang dikombinasikan dengan material kulit, seakan membawa kembali kejayaan era 90-an.

5. Gucci

Aksesori sudah menjadi benda wajib yang dimiliki untuk menambah gaya Anda. Agar selalu stylish, simak tren dari Milan Fashion Week berikut. (Foto: Elle.com)

Retro glam menjadi benang merah pada koleksi yang dihadirkan Gucci. Aksesori bermaterial mutiara serta diamante menambah semarak panggung runway Gucci di Milan. Siapa sangka, tren retro kembali menyeruak dan mampu menjadikan tampilan Anda makin seru tanpa terlihat tua dan ketinggalan zaman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati: Generasi Sekarang Perlu Baca "Indonesia Menggugat"

Posted: 26 Sep 2017 09:59 PM PDT

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menilai penting bagi generasi muda saat ini mempelajari khazanah sejarah bangsa melalui perjalanan hidup Presiden pertama RI. Sukarno.

Megawati mengatakan, salah satu yang patut dipelajari yaitu ada pada buku Indonesia Menggugat, yang berisi pidato pembelaan Bung Karno pada persidangan di Landraad, Bandung, 1930.

Dalam buku tersebut, Bung Karno menjelaskan keadaan politik internasional dan kerusakan masyarakat Indonesia di bawah penjajah. Pidato pembelaan ini kemudian menjadi suatu dokumen politik dalam menentang kolonialisme dan imperialisme.

"Saya kira sebenarnya buku itu harus jadi buku referensi bagi generasi muda saat ini, Indonesia Menggugat. Ini perlu dibaca," ucap Megawati dalam orasi ilmiah penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa Universitas Negeri Padang (UNP).

Melalui buku tersebut, generasi muda dapat mengetahui bagaimana perjuangan para bapak bangsa saat itu. Tak hanya itu, Bung Karno secara jelas juga menggambarkan bagaiaman kondisi bangsa Indonesia yang saat itu masih menjadi bangsa terjajah.

"Bung Karno detail menjelaskan seperti bagaimana kekayaan negeri ini diambil dengan kerja paksa. Kalau hal ini tidak dipelajari sebagai pelajaran bangsa, maka generasi saat ini berpikir bahwa pemikiran ekonom barat sudah paling bagus, paling modern. Makanya, silakan baca Indonesia Mengggugat," kata Megawati Rabu (27/9/2017). 

 

Megawati pun meyakini apa yang disampaikan Bung Karno dalam Indonesia Menggugat bukan sebuah cerita bohong dan benar-benar menggambarkan kondisi Indonesia sebagai bangsa terjajah saat itu.

"Kalau dikorelasikan dengan sekarang, itu benar-benar sangat dapat dipertanggungjawabkan," ucap Ketua Umum PDI Perjuangan itu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Model Bertubuh Mini Melenggang di Catwalk Paris

Posted: 26 Sep 2017 09:56 PM PDT

Seorang model melenggang di atas catwalk menampilkan gaun khusus perempuan bertubuh pendek dalam International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Para model dengan tinggi maksimal 1,3 meter ini memukau para penonton yang hadir (Thomas SAMSON/AFP)

Seorang model melenggang di atas catwalk menampilkan gaun khusus perempuan bertubuh pendek dalam International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Para model dengan tinggi maksimal 1,3 meter ini memukau para penonton yang hadir (Thomas SAMSON/AFP)

Model khusus perempuan bertubuh pendek  mempersiapkan diri sebelum pagelaran International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Ajang ini untuk meningkatkan kesadaran di dunia fesyen yang lebih inklusif dan tanpa diskriminasi. (Thomas SAMSON/AFP)

Model khusus perempuan bertubuh pendek mempersiapkan diri sebelum pagelaran International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Ajang ini untuk meningkatkan kesadaran di dunia fesyen yang lebih inklusif dan tanpa diskriminasi. (Thomas SAMSON/AFP)

Para model khusus perempuan bertubuh pendek  mempersiapkan diri sebelum pagelaran International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Melalui ajang, mereka ingin mendobrak standar kecantikan yang diskriminatif. (Thomas SAMSON/AFP)

Para model khusus perempuan bertubuh pendek mempersiapkan diri sebelum pagelaran International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Melalui ajang, mereka ingin mendobrak standar kecantikan yang diskriminatif. (Thomas SAMSON/AFP)

Model berpose di atas catwalk ketika menampilkan gaun khusus perempuan bertubuh pendek dalam International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Para model dengan tinggi maksimal 1,3 meter ini memukau para penonton yang hadir (Thomas SAMSON/AFP)

Model berpose di atas catwalk ketika menampilkan gaun khusus perempuan bertubuh pendek dalam International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Para model dengan tinggi maksimal 1,3 meter ini memukau para penonton yang hadir (Thomas SAMSON/AFP)

Model berpose ketika menampilkan gaun khusus perempuan bertubuh pendek dalam International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Ajang ini untuk meningkatkan kesadaran di dunia fesyen yang lebih inklusif dan tanpa diskriminasi. (Thomas SAMSON/AFP)

Model berpose ketika menampilkan gaun khusus perempuan bertubuh pendek dalam International Dwarf Fashion Show di Paris, Selasa (26/9). Ajang ini untuk meningkatkan kesadaran di dunia fesyen yang lebih inklusif dan tanpa diskriminasi. (Thomas SAMSON/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Bos Allianz Tersangka, Ini Argumentasi Pelapor

Posted: 26 Sep 2017 09:52 PM PDT

Presiden Direktur PT Asuransi Allianz Life Indonesia, Joachim Wessling dan Manajer Claim perusahaan tersebut, Yuliana Firmansyah dilaporkan kepolisi lantaran adanya dugaan penipuan kepada nasabah. Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Kuasa hukum pihak pelapor sekaligus korban, Alvin Lim, mengatakan, kliennya bernama Ifranius Algadri melaporkan Joachim dan Yuliana Firmansyah karena merasa dipersulit saat meminta klaim biaya perawatan rumah sakit.

Alvin menjelaskan, pihak Allianz selalu meminta catatan medis lengkap rumah sakit sebagai syarat untuk mencairkan atau klaim dari biaya rumah sakit. Sementara rumah sakit tidak pernah memperkenankan memberi catatan medis lengkap karena melanggar Permenkes No 269/Menkes/PER/III/2008 tentang rekam medis.

"Biasanya penolakan klaim itu perdata. Tapi kenapa ini pidana? Karena yang kami permasalahkan bukanlah dibayar atau tidak dibayarnya sebuah klaim. Tetapi bagaimana dia memproses klaim tersebut, ada unsur tipu daya," ucap Alvin di Mapolda Metro Jaya, kemarin.

Polda Metro Tetapkan Presdir PT Asuransi Allianz Tersangka. (Liputan6.com/Nafiysul Qodar)

Dalam kasus ini, lanjut Alvin, Allianz diduga telah menipu sejumlah nasabah dengan proses klaim yang tidak mungkin bisa dipenuhi. Dengan begitu, klaim nasabah akan hangus dalam waktu dua minggu kerja.

"Kasus ini intinya perusahaan Allianz menggunakan modus tipu daya untuk menolak klaim nasabah secara halus, tapi melanggar hukum. Dalam waktu dua minggu tanpa adanya surat lengkap rekam medis, klaim ditolak," jelas dia.

Di lokasi yang sama, Ifranius mengaku dipersulit dengan adanya aturan yang diminta pihak Allianz. Penolakan klaim oleh Allianz ia alami setelah menjalani perawatan pada 2016 di salah satu rumah sakit swasta.

"Pas pertama gabung, bilangnya proses klaimnya gampang, Pak, 14 hari kerja kita bayarkan. Tapi pada nyatanya, klaim saya hingga hari ini tidak dibayarkan," keluh Ifranius.

"Saya sangat kecewa dengan Allianz, karena kekecewaan saya yang begitu besar, saya serahkan kepada kuasa hukum saya," sambung dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Adi Deriyan mengatakan, penyidik segera menjadwalkan pemeriksaan tersangka.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan pemeriksaan," kata Adi saat dihubungi Liputan6.com.

Keduanya dijerat Undang-undang Perlindungan Konsumen. Modus penipuan yang dilakukan perusahaan asuransi pelat merah tersebut adalah dengan mempersulit nasabahnya saat akan klaim pembayaran.

"Tersangka meminta syarat administrasi klaim yang dilarang kementerian kesehatan. Akhirnya korban tidak bisa mengklaim biaya rumah sakit," kata Adi.

"Asuransi tidak peduli dengan syarat tersebut, yang penting nasabah harus melengkapi syarat tersebut," Adi menambahkan.

Laporan terhadap Joachim Wessling dan Yuliana Firmansyah tertera dalam Laporan Polisi Nomor: LP/1645/IV/2017/Dit Reskrimsus tanggal 3 April 2017. Diduga, pihak terlapor melanggar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Sementara itu, Head of Corporate Secretary PT Allianz Indonesia, Adrian DW, belum menjawab beberapa panggilan telepon yang ditujukan Liputan6.com, juga pesan singkat yang dikirim melalui aplikasi obrolan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Cewek Gatel, Ini Reaksi Ayu Ting Ting

Posted: 26 Sep 2017 09:50 PM PDT

Keberadaan Ayu Ting Ting di panggung hiburan begitu ditunggu banyak penonton. Tentu saja ini menjadi keuntungan pihak televisi untuk membuat sebuah acara yang dipandu Ayu, Ruben Onsu, dan Irfan Hakim.

Tak jauh berbeda dari program lain, Ayu Ting Ting, Ruben Onsu, dan Irfan Hakim mendatangkan bintang tamu di acara mereka bertajuk Sik Asik. Pada tayangan 23 September 2017 lalu, anak Iis Dahlia, Devano Danedra berduet dengan janda satu anak itu.

 Ruben Onsu dan Ayu Tingting saat memberikan keterangan terkait kasus dugaan penjual bayinya di akun Instagram Jual Bayi Cantik di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/9/2015). (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Keduanya melantunkan single milik Payung Teduh berjudul "Akad". Sepanjang bernyanyi, Ayu Ting Ting tak melepaskan tangannya dari genggaman Devano.

Ruben Onsu, dan Irfan Hakim pun hanya bisa menyaksikan kemesraan yang diciptakan Ayu Ting Ting dan Devano. Usai bernyanyi, Ruben pun langsung bergosip dengan Irfan Hakim dengan gayanya yang kocak.

"Menurut gue ya, emang ceweknya kegatelan," ujar Ruben Onsu pada Irfan Hakim yang ditanggapi, "Cowoknya polos aja, ceweknya terlalu agresif."

 Ayu Ting Ting pakai gaun lace pastel dengan aksen high slit (Foto: Instagram Ayu Ting Ting)

Dibicarakan kedua sahabatnya, Ayu Ting Ting pun bereaksi, "Di mana-mana, kalau ceweknya lebih tua harus lebih agresif." Ayu pun memberikan gerakan yang membuat penonton tertawa.

Acara ini pun di-share di situs berbagi video dan sudah ditonton lebih dari 8 ribu kali. Namun tak banyak komentar yang dilemparkan warganet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati Nyatakan Banyak Tokoh Nasional Lahir di Minang

Posted: 26 Sep 2017 09:48 PM PDT

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri mengungkapkan kekagumannya pada tokoh-tokoh nasional yang lahir dari Tanah Minang, Padang, Sumatera Barat. Bahkan dia tidak menyangka ada putra dari Padang yang sukses menjadi menteri.

"Di Minang ini banyak tokoh nasional. Ada Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar. Saya bilang tumben ya orang sini ada yang jadi menteri," ujar Megawati dalam sambutan penerimaan gelar doktor honoris causa bidang politik pendidikan di Universitas Negeri Padang (UNP), Padang, Rabu (27/9/2017).

Selain Archandra, ada sejumlah tokoh lain yang memberi kesan dalam kehidupan keluarga Megawati. Momen-momen itu ia rasakan saat menjalani kehidupan bersama ayahanda, Presiden pertama Indonesia Sukarno dulu.

"Seperti Bung Hatta, beliau sangat disiplin. Saya bersahabat dengan keluarganya. Pak Hatta betu-betul ilmuwan. Kalau pidato, terus nunduk. Itulah Bung Hatta kita," ujar Megawati yang disambut tepuk tangan hadirin.

Megawati juga mengungkapkan persahabatan antara Sukarno dengan Sutan Syahrir. Meski kerap berbeda pendapat, hubungan kedua tokoh nasional itu tetap terjalin dengan hangat.

"Bung Syahril dan Bung Karno beda pendapat, biasa saja. Saya kerap melihat saat rapat. Ketika rapat, saya seperti maskot. Nanti dipangku Bung Hatta. Kalau Bung Hatta mau jawab, saya dikasih ke Pak Syahrir," kesan Megawati.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doctor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UPN), Sumatera Barat. Gelar ini diberikan berkat jasa Megawati dalam politik pendidikan di Indonesia.

Dalam pidato promosi, Guru Besar UPN Prof Sufyarma menuturkan saat menjadi presiden, Megawati menelurkan undang-undang penting terkait pendidikan di Indonesia. Undang-undang itu dinilai telah mempengaruhi arah kebijakan pendidikan nasional secara lebih baik.

"Pada masa pemerintahan presiden ke-5 Megawati, lahir undang-undang membawa perubahan siginifikan yang strategis dan praktik pendidikan di Indonesia yang dikenal dengan UU 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)," ujar dia di Kampus UPN, Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Dia menambahkan, UU tersebut lahir dengan dasar mengukuhkan komitmen Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. UNP melihat undang-undang tersebut merupakan formulasi dan implementasi pendidikan politik yang sangat strategis dalam mengembangkan SDM.

"Oleh sebab itu, peranan dan jasa Presiden ke-5 RI Megawati dalam menggagas dan mengawal lahirnya UU Sisdiknas tersebut. Beliau sangat layak untuk dianugerahi gelar doctor honoris causa dalam bidang bidang politik pendidikan," ujar Sufyarma.

Ada beberapa pilar dalam perkembangan politik pendidikan yang merujuk UU tersebut. Pertama, yaitu politik pendidikan berbasis harus merujuk kepada nilai Pancasila.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak 2 Gol, Ronaldo Heran Publik Ragukan Ketajamannya

Posted: 26 Sep 2017 09:45 PM PDT

Cristiano Ronaldo kembali membungkam kritik usai cetak dua gol kala Real Madrid menang 3-1 atas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park, Rabu (27/9/2017) dini hari WIB. Satu lagi gol Madrid dicetak Gareth Bale.

Dua gol ini seakan kembali menjadi pembuktian bagi Ronaldo yang kini masih paceklik gol di La Liga. Dia kembali membuktikan dirinya tajam, tidak seperti kritikan miring yang selalu menerpanya.

Usai pertandingan, Ronaldo mengungkapkan keheranannya dengan kritik yang terus menimpa dia. Pemain asal Portugal ini juga sadar harus membuktikan di setiap laga agar bisa bungkam kritik.

"Sepertinya saya harus tunjukkan siapa saya sebenarnya di setiap pertandingan. Saya kaget dengan apa yang dipikirkan publik, padahal jumlah gol sudah menunjukkan siapa saya," katanya seperti dikutip Marca.

"Saya pemain profesional yang pantas dijadikan contoh dan saya selalu punya pikiran jelas. Kritik semakin buruk," katanya.

Lewat dua golnya itu, Ronaldo kini genap mengoleksi 109 gol di Liga Champions atau total 112 di seluruh kompetisi Eropa.

 

 

Pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Borussia Dortmund dalam lanjutan Liga Champions di Signal Iduna Park, Rabu (27/9). Duet Ronaldo dan Bale mengantarkan Madrid menang 3-1. (AP/Martin Meissner)

Di luar itu, Ronaldo mengaku kritikan juga memacu semangat Real Madrid untuk menang di markas Dortmund. Ronaldo dan rekan-rekannya memang mengincar kemenangan ini.

"Sebelum laga, kami sudah bicara soal bagaimana kami sangat ingin menang di Dortmund. Kami lakukan apa yang pelatih instruksikan, tim ini fenomenal, sulit cetak tiga gol di sini," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Muzdalifah Takut Beberkan Utang Khairil Anwar?

Posted: 26 Sep 2017 09:38 PM PDT

Muzdalifah dilaporkan pria yang pernah mengikat janji pernikahan dengannya, Khairil Anwar, ke Polda Metro Jaya. Mantan istri Nassar KDI itu dituding melakukan fitnah dan pencemaran nama baik.

Muzdalifah dianggap menebarkan fitnah lantaran menyebut utang Khairil Anwar berjumlah Rp 10 miliar.

Ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2017) ibu empat anak itu menyangkalnya. Muzdalifah merasa tak pernah menyebutkan jumlah utang Khairil Anwar kepada media.

"Kira-kira Muzda pernah ngomong pencemaran nama baik enggak di media? Coba lihat lagi dan disimak lagi, karena Muzdalifah tidak pernah mau ikut campur urusan orang," ujar Muzdalifah.

Sebaliknya, meski tahu jumlah total utang yang dimiliki Khairil Anwar, namun Muzdalifah enggan membeberkan ke publik. Bukan karena takut, Muzdalifah hanya tak mau ikut campur masalah pribadi seseorang.

‎"Jumlahnya aku enggak mau buka. Aku sudah bilang, gimana aku mau dilaporkan pencemaran nama baik? Padahal aku yang tahu (jumlah) ya aku tahu pribadi aja, enggak mau membukanya," tuturnya.

Muzdalifah kembali menegaskan bahwa dirinya bukanlah orang yang menyebar kabar soal utang Khairil Anwar sebesar Rp 10 miliar di media.

"Aku enggak tahu. Kalau disebut cemarkan nama baik, di televisi maupun di media mana aku enggak pernah membukanya. Intinya sih ke situ, aku doakan juga supaya cepat selesai," kata Muzdalifah. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati: Cantik Saja Tidak Cukup, Perempuan Juga Harus Pintar

Posted: 26 Sep 2017 09:37 PM PDT

Megawati Soekarno Putri memotivasi kaum perempuan dalam pidato ilmiah pengukuhan gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Negeri Padang. Ia meminta perempuan memperhatikan pendidikan.

"Mbak-Mbak yang ada di sini, jangan cantik saja, Mbak. (Harus) Cantik, pintar, berpendirian , pasti nanti banyak yang mau," kata Mega setengah berseloroh di Universitas Negeri Padang, Rabu (27/9/2017).

Candaan Mega disambut tawa hadirin. Ketua Umum PDIP itu merujuk capaian pahlawan-pahlawan perempuan di masa lalu. Ia mencontohkan Kartini dan Dewi Sartika.

Mereka tidak hanya cerdas tapi juga punya pendirian. Hal itu pula yang mendorong mereka untuk berbuat untuk bangsa.

Megawati juga menyinggung kiprah Rohana Kudus yang berasal dari Sumatera Barat. Ia menuturkan Rohana adalah pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia, yang diberi nama Sunting Melayu.

"Saya selalu bangga kalau ada 'perempuan pertamanya'," Mega berujar. 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati: Ada yang Tahu Rohana Kudus? Kalau Beyonce Tahu...

Posted: 26 Sep 2017 09:35 PM PDT

Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri mengatakan saat ini sejarah Indonesia dan dunia tidak dimasukkan secara utuh dalam kurikulum.

"Di sini ada Menteri Pendidikan, saya sudah bicara dari kapan itu (sejarah) harus dikembalikan," ujar Megawati saat pidato ilmiah di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Saat ini banyak anak-anak yang tak tahu sejarah Indonesia. Megawati mencontohkan, anak-anak zaman sekarang pasti tak mengetahui sosok Rohana Kudus.

"Saya tanyakan ke anak-anak, siapa Ibu Rohana Kudus? Tapi kalau Beyonce sampai lagu barunya pun semua tahu," kata dia.

Megawati pun kemudian menjelaskan siapa sosok Rohana Kudus. Dia adalah perempuan dari Sumatera Barat yang mendirikan sekolah keterampilan untuk para perempuan dalam belajar membaca, menulis, dan keterampilan lainnya. Dia juga seorang pendiri surat kabar perempuan pertama yang diberi nama Sunting Melayu.

"Makanya, mbak-mbak, jangan cantik saja, (tapi juga) cantik, pintar, dan berpendirian. Pasti banyak yang mau," ujar Megawati kepada para mahasiswi yang hadir dalam acara pemberian doktor kehormatan bidang politik pendidikan kepada Megawati.

Sejarah, kata Megawati, sangat dinamis dan ditandai dengan perubahan.

"Adik-adik dapat bayangkan tidak kalau tidak ada yang disebut pendiri bangsa? Saya sudah mendatangi banyak negara. Kalau saya tanya apakah negara Anda punya pendiri bangsa, mereka mengatakan tidak ada. Saya katakan harus ada," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Mobil dengan Bantuan Kayu Tak Disarankan, Ini Alasannya

Posted: 26 Sep 2017 09:33 PM PDT

Dongkrak, menjadi salah satu peralatan yang wajib ada di dalam mobil. Sebab alat ini akan sangat dibutuhkan jika keadaan darurat, salah satunya saat mengganti ban.

Namun tahukah Anda penggunaan dongkrak disarankan sesuai dengan bentuk mobil. Misalnya, jika mobil memiliki ground clearance sangat tinggi, ada baiknya dongkrak yang digunakan pengungkitnya juga memiliki struktur kuat dan tinggi.

Kendati begitu, tak sedikit masyarakat mengakalinya yang memiliki dongkrak kecil kemudian menambah kayu atau balok agar strukturnya menjadi lebih tinggi.

Penggunaan dongkrak dengan tambahan kayu, menurut Service Manager Dealer Toyota Auto2000 Cabang Tebet, I Wayan Werta Yoga kerap dilakukan saat melakukan pergantian ban atau perbaikan kolong mobil di rumah.

"Tambahan kayu asal aman tidak apa-apa. Tapi itu tidak standar keselamatan. Jadi disarankan jangan," ungkap Wayan saat ditemui Liputan6.com, di bengkel Auto2000 Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (26/9).

Wayan mengatakan, alasan tambahan kayu dilarang karena antara dongkrak, kayu dan bodi hal itu beresiko terjadi pergeseran serta mudah tersenggol.

Jika kayu terpeleset dari dongkrak dan mobil, maka yang terjadi ujung dongkrak dapat terbentur bodi mobil sehingga bisa membuat bodi rusak.

"Kalau dari segi keselamatan, kalau ada orangnya (yang memperbaiki) maka bisa terbentur atau tergencet. Jadi itu tidak aman, tidak direkomendasi. Yang benar cari dongkrak yang lebih panjang supaya dapat mengangkat lebih tinggi," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Bagi sejumlah orang yang hendak melakukan perjalanan setidaknya ada beberapa yang harus dibawa pemudik antara lain, perlengkapan P3K, repair kit, dongkrak, pompa ban listrik, kabel jumper, dan kabel derek.

Selain itu, perlengkapan lainnya yang tak kalah penting adalah senter. Tentunya ini akan dibutuhkan, jika kendaraan mengalami masalah di malam hari. Maka dari itu simpanlah senter di tempat yang mudah dijangkau.

Seakan tak bisa lepas dari telepon genggam atau smartphone, maka ada baiknya membawa power bank dengan daya yang cukup besar, minimal 10.000 mAh.Tentu saja power bank wajib diisi full sebelum berangkat.

Uang tunai, pastikan jangan sampai tertinggal, mulai dari uang receh hingga ratus ribuan. Sebab, dengan menggunakan uang tunai kita bisa membayar dengan mudah. Termasuk membayar jasa parkir atau bengkel.

Selain membawa tas berisi pakaian, ada baiknya penumpang membawa bantal leher. Hal ini sangat berguna karena bentuk bantal yang kecil pas untuk bersandar.

Sementara menurut instruktur RDC (Real Driving Center), Marcell Kurniawan, selain perlengkap yang telah disebutkan di atas, bawaan yang tak kalah penting adalah adanya makanan ringan dan juga air mineral.

"Intinya untuk berkendara badan harus fit, jangan sampai perut kosong, tidak boleh dehidrasi, apalagi saat macet. Perut kosong kadang suka dibilang masuk angin, padahal asam lambung naik, lalu pusing, dan bisa meninmbulkan gangguan dan juga bisa berakibat fatal seperti kecelakaan karena tidak konsentrasi," ucap Marcel.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB Harap Tak Ada Korban Jiwa Bila Gunung Agung Erupsi

Posted: 26 Sep 2017 09:31 PM PDT

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk mendukung kegiatan kegawatdaruratan bencana Gunung Agung. Bantuan itu dikeluarkan untuk posko penanggulangan bencana Gunung Agung serta segala hal yang berkaitan dengan langkah antisipasi dalam menghadapi erupsi gunung.

Kepala BNPB, Willem Rampangilei menyatakan jika dibutuhkan, sewaktu-waktu bantuan untuk bencana Gunung Agung bisa saja ditambah. Yang terpenting adalah proses evakuasi dan pelayanan pengungsi berjalan dengan baik.

"Pemerintah melalui BNPB menggelontorkan bantuan untuk kegiatan kegawatdaruratan dan posko," kata Willem di pos pengungsian GOR Swecapura, Selasa, 26 September 2017.

Syarat terpenting dalam penambahan dana tersebut, Willem melanjutkan, tidak boleh ada pelayanan yang tidak baik terhadap pengungsi dalam proses evakuasi. ‎"Jadi, tidak boleh ada keterlambatan bagi proses evakuasi dan pelayanan masyarakat," ucapnya.

‎Dalam kondisi darurat di Gunung Agung, Willem menjelaskan BNPB hanya pendamping BPBD dan Pemprov Bali. Hal itu untuk memastikan jika pemerintah pusat selalu ada untuk menangani pengungsi yang kini telah mencapai 75 ribu jiwa dan tersebar di ratusan titik pengungsian di tujuh kabupaten/kota se-Bali.

"Kita sebagai pendamping selalu ada di sini untuk manajemen kegawatdaruratan mulai dari pendirian posko hingga pembentukan satgas tanggap bencana. Prosedurnya sudah kita siapkan, sehingga ketika terjadi erupsi kita berharap tak ada korban jiwa," tutur Willem.‎

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Es Seluas Kota Medan Terlepas dari Antartika, Tanda Bahaya?

Posted: 26 Sep 2017 09:31 PM PDT

Sebuah bongkahan es seluas wilayah Kota Medan -- sekitar 260 km persegi -- lepas dari Antartika pada 23 September 2017. Es itu terlepas dari gletser Pine Island, yakni salah satu gletser terbesar di Antartika Barat.

Peristiwa tersebut terjadi hanya dua bulan setelah bongkahan seluas Bali terlepas dari lapisan es yang dikenal dengan Larsen C -- lepasnya bongkahan es terbesar yang pernah tercatat. Namun bagi para ilmuwan, yang terpenting bukanlah ukuran gunung es.

"Ini bukan soal ukuran es, tapi frekuensinya," ujar seorang ahli glasiologi di Ohio State Univeristy, Ian Howat, dikutip dari CBS News, Rabu (27/9/2017).

"(Lepasnya) bongkahan es besar yang tidak sering merupakan hal normal, tapi (lepasnya) bongkahan es kecil yang sering bukan hal normal," jelas Howat.

Howat dan rekannya, Seongsu Jeong, pada tahun lalu menerbitkan sebuah artikel yang menemukan bahwa gletser Pine Island mengembangkan pola baru dalam aktivitas pelepasan esnya. Hal tersebu diyakini berpengaruh terhadap meningkatnya lepasnya es atau calving baru-baru ini.

Peristiwa lepasnya es besar lain di Pine Island terjadi pada Juli 2015. Kala itu bongkahan es seluas 582 kilometer persegi terlepas.

Ahli observasi satelit d Delft University of Technology, Stef Lhermitte, mem-posting gambar satelit yang membandingkan peristiwa calving di Pine Island pada 2015 dan 2017.

"Itu menunjukkan bahwa calving hampir berada di lokasi yang sama," tulis Lhermitte dalam Twitter.

Howat tak yakin apa yang menyebabkan lepasnya es pada 23 September. Tapi ia mencatat, perairan yang makin hangat berkaitan dengan mencairnya es di dunia.

Menurut penjelasn Howat, calving tak sering terjadi di gletser. Namun terkikisnya gletser di Antartika Barat disebabkan karena aliran air laut yang hangat di bawahnya.

 

Menurut seorang peneliti di Goddard Space Flight Center NASA, Christopher Shuman, adalah hal yang sudah dikenal bahwa air hangat akan menjangkau bagian bawah gletser dan menyebabkan penipisan lapisan es.

Namun menurutnya, ini adalah peristiwa calving terbesar sejak 2000. Sebelumnya terdapat sejumlah peristiwa lepasnya bongkahan es pada 2001, 2007, 2013, 2015, dan tahun ini.

"Pola tersebut menunjukkan ada tren enam tahunan, yakni antara 2001-2007, lalu enam tahun berikutnya pada 2007-2013, lalu terjadi siklus dua tahunan," ujar Shuman.

"Kecepatan berubah," imbuh dia.

Berdasarkan pola tersebut, Shuman mengatakan bahwa frekuensi mencairnya es tidak akan stabil. Hal itu ditambah pecahnya es secara berkeping-keping dalam calving pada 2015 dan 2017.

"Sejauh ini, saya tak berpikir bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih baik, justru sebaliknya," kata Shuman. Meski demikian, ia menegaskan bahwa ia bukan ahli prediksi.

Namun, Howat meyakini bahwa kecepatan fenomena terlepasnya es akan melambat dalam waktu dekat.

"Saya menebak bahwa bahwa peristiwa itu akan terjadi dalam waktu singkat dan kemudian menjadi sekit lebih stabil," ujar Howat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KemenPUPR Lakukan Pengeboran Air Tanah di Lokasi Pengungsian

Posted: 26 Sep 2017 09:31 PM PDT

Sumber air bersih dan sanitasi air menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus tercukupi di lokasi pengungsian korban terdampak Gunung Agung yang berstatus awas. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR telah melakukan pengeboran air tanah guna memenuhi kebutuhan sehari-hari para pengungsi yang berkaitan dengan air.

"Ada tiga alat bor yang sudah kita bawa. Satu di Ulakan, Pasar Manggis, dan Gor Swecapura. Kita akan bor-bor semua untuk penyediaan air bagi pengungsi," ujar Menteri Basuki di lokasi pengungsian Gunung Agung di Gor Swecapura, Klungkung, Bali, Selasa (26/9).

Selain melakukan pengeboran air tanah, Kementerian PUPR juga menyediakan mobil truk air (MTA) sebanyak 4 unit, truck armroll 1 unit, kontainer armroll 4 unit, Hidran Umum (HU) 30 unit, WC knockdown 60 unit, Tenda Hunian Darurat (THD) 200 unit dan berbagai instalasi pipa juga disiagakan.

Sebelumnya pengungsi korban terdampak Gunung Agung di Gor Swecapura mengeluhkan minimnya sanitasi air dan toilet umum sehingga antrian untuk mandi membutuhkan waktu lama.

"Kalau untuk makanan dan perlengkapan lain sudah cukup, kita masih kekurangan air dan toilet umum. Air untuk mandi kurang, toiletnya juga sehingga kita ngantrinya lama," ujar Citra, warga yang mengungsi di Gor Swecapura.

Terkait toilet mobile, Menteri Basuki juga mengatakan pihaknya akan mendatangkan fasilitas dari luar Bali guna memenuhi kebutuhan air pengungsi."Untuk toilet mobile (WC knockdown) kita ada 60, tapi masih kurang. Kita akan kirim dari Mataram, Surabaya, jakarta, untuk memenuhi toilet mobile itu," imbuh Basuki.

Pengungsi korban terdampak Gunung Agung sedang mengambil air bersih di tangki yang disediakan PUPR.

Di samping air bersih dan sanitasi air, KemenPUPR juga akan menyediakan perlengkapan seperti exhause dan blower untuk gor atau gedung yang menjadi lokasi pengungsian dan tempat tinggal sementara korban terdampak Gunung Agung."

PUPR punya 5 posko untuk mengamankan daerah pengungsian. Seperti di Gor Swacapure, pengungsi minta dipasangkan exhause fan, blower supaya sirkulasi udara lebih baik. Di ulakan, kita juga akan buat drainase supaya kalau hujan tidak banjir lagi," ujar Menteri Basuki.

Saat ini semua tim siaga bencana PUPR dalam keadaan siaga dan siap melakukan operasi kemanusiaan termasuk mendukung BPBD Karangasem di lokasi pengungsian. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi para pengungsi, tim satgas akan memanfaatkan sistem air baku lokal yang ada di daerah Manggis dan Ulakan termasuk memanfaatkan sumur Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) di Penuktukan dan Les.

Selain perlengkapan untuk pengungsi, Kementerian PUPR melalui BBPJN VIII telah menyiagakan alat berat berupa excavator 3 unit, loader 3 unit, dumptruck 7 unit, crane 2 unit, grader 3 unit, chainsaw 6 unit, genset 1 unitUntuk mengantisipasi jembatan tidak berfungsi, sudah disiapkan Bailey 250 meter. 
Bronjong : 8250 unit, Aramco 250 buah, Sheetpile 200 batang, Boxculvert (1x1m) 228 unit dan alat komunikasi sebanyak 4 set.

Kesiapsiagaan peralatan juga dilakukan BWS Bali Penida, Ditjen SDA berupa alat berat berupa Excavator 3 unit, Loader 1 unit, dumptruck 3 unit, trailer 1 unit, Bronjong 1500 unit, geobag 2000 unit, alat komunikasi 1 set, Genset : 3 buah dan Chainshaw 4 buah.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Montella Pecat Pelatih Fisik AC Milan

Posted: 26 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pelatih AC Milan, Vincenzo Montella mulai bereaksi atas penampilan buruk anak asuhnya hingga berujung kekalahan saat menghadapi Sampdoria dalam lanjutan Serie A, Minggu (24/9/2017). Kemarin, pelatih berusia 43 tahun itu resmi memberhentikan pelatih kebugaran tim, Emanuele Marra. 

AC Milan menelan kekalahan kedua di Serie A musim ini hanya dalam waktu enam pekan. Akibatnya, mereka kini tertinggal enam poin dari pemuncak klasemen, Napoli dan Juventus. Sebagai bentuk kekecewaan, Milanisti mulai kehilangan kesabaran terhadap Montella. Di Twitter, mereka menyuarakan keinginan agar mantan pelatih Fiorentina itu dipecat.

Merasa posisinya terancam, Montella lekas mengambil sikap dengan memberhentikan Marra.

"Milan yang baru. Saya sudah berpikir bagaimana meningkatkan Milan dan masih akan memulai metode latihan yang baru," tulis Montella di Twitter, menyampaikan kabar pemberhentian Marra, seperti dilansir calciomercato.com.

Setelah meninjau secara dekat pada situasi yang ada dan mengevaluasi banyak aspek, Montella merasa kesalahan terletak di metode latihan fisik yang diasuh Marra.

"Itu adalah wilayah yang perlu kami perbaiki. Saya memutuskan untuk membuat rencana baru di mana Emanuele Marra tidak sepenuhnya cocok. Itu merupakan keputusan yang sulit, tapi saya memutuskan untuk menyudahi hubungan profesional dengan dia. Saya ingin berterima kasih padanya atas kerja keras yang ia lakukan selama tiga tahun terakhir di mana ia selalu berada di sisi saya," tandas Montella.

 

 

Vincenzo Montella (acmilan.com)

Sementara itu, pemilik AC Milan, Han Li, kabarnya berang terhadap Montella karena mencadangkan para rekrutan anyar dalam laga melawan Sampdoria. Seperti diketahui, enam dari 11 pemain yang baru dibeli Milan di bursa transfer musim panas lalu, duduk di bangku cadangan dalam pertandingan itu.

Secara keuangan, enam pemain yang dicadangkan itu bernilai 84 juta euro, termasuk di antaranya Hakan Calhanoglu dan Andre Silva. Padahal, dua pemain ini kerap menjadi aktor kunci I Rossoneri di laga-laga sebelumnya.

Dengan uji coba skema 3-5-2, Montella terpaksa mencadangkan pemain baru meski direkrut dengan harga mahal. Akhir pekan nanti, saat menjamu AS Roma di San Siro, diyakini akan menjadi momen pertarungan antara Montella dengan sang pemilik klub. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surat Sri Mulyani untuk 2 Menteri Bocor, Kemenkeu Cari Pelaku

Posted: 26 Sep 2017 09:30 PM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyesalkan beredarnya surat internal pemerintah dari Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan serta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Kemenkeu akan melakukan pengusutan untuk menemukan pembocor surat tersebut. 

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti, menjelaskan, Kemenkeu sangat menyesalkan beredarnya surat internal pemerintah dari Menteri Keuangan yang ditujukan kepada Menteri ESDM dan Menteri BUMN.

Pembocoran dan beredarnya surat tersebut merupakan tindakan melanggar peraturan dan disiplin administrasi negara, serta tidak sesuai dengan prinsip tata kelola yang baik.

"Kemenkeu akan melakukan langkah pengusutan pembocoran surat tersebut untuk menegakkan disiplin tata kelola pemerintahan, agar pelanggaran tersebut tidak terulang kembali pada masa yang akan datang," jelas Nufransa dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (27/9/2017). 

Mengenai isi surat, ia melanjutkan, seusai dengan Undang-Undang Keuangan Negara, Kemenkeu berkewajiban mengelola keuangan negara dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara hati-hati dan berkelanjutan, termasuk melakukan pengawasan dan penilaian potensi risiko fiskal yang berasal dari berbagai sumber kegiatan publik.

Untuk itu, Kemenkeu meminta kepada kementerian dan badan usaha yang memiliki tanggung jawab atas pengelolaan potensi risiko keuangan negara dan risiko fiskal, diminta untuk selalu melakukan pengawasan risiko dan melakukan langkah-langkah pengelolan dan pencegahan risiko fiskal sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Atas dasar itu, surat kepada dua menteri tersebut pun dikeluarkan. Kementerian Keuangan mengingatkan kepada Kementerian BUMN dan Kementerian ESDM untuk mendampingi PLN dalam mengelola keuangan sehingga tidak terjadi gagal bayar. 

Saat ini, pemerintah memiliki program pembangunan infrastruktur merupakan program prioritas nasional yang penting untuk mendukung upaya pengentasan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif, untuk mewujudkan keadilan sosial serta kesejahteraan umum di seluruh wilayah Indonesia.

Penugasan dan kebijakan pemerintah kepada kementerian dan lembaga serta badan usaha harus dapat dilaksanakan secara baik dan terjaga dari seluruh aspek: teknis, keuangan, dan pengelolaan dampak lingkungan maupun sosial.

Pelaksaan penugasan harus dengan tetap menjaga tata kelola yang baik, dan perbaikan efisiensi operasi dan pengelolan keuangan perusahaan secara hati-hati dan profesional.

Dengan demikian, manfaat pembangunan infrastruktur dapat dinikmati masyarakat dan ekonomi secara luas, sedangkan risiko keuangan tetap terjaga dengan bijaksana dan operasi badan usaha tetap terjaga sehat dan berkelanjutan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani melayangkan surat untuk Menteri ‎BUMN Rini Soemarno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan. Surat tersebut berisi kekhawatiran tentang kegagalan PT PLN (Persero) ‎membayar utang yang berisiko pada keuangan negara.

Seperti yang dikutip dari surat Menteri Keuangan bernomor‎ S-781/MK.08/2017, soal Perkembangan Risiko Keuangan Negara atas Penugasan Infrastruktur Ketenagalistrikan, Rabu (28/9/2017), Sri Mulyani menyampaikan lima poin penting yang harus diperhatikan oleh Menteri Rini dan Menteri Jonan.

Pertama mengenai kinerja PLN ditinjau dari sisi keuangan terus mengalami penurunan, seiring dengan semakin besarnya kewajiban korporasi untuk memenuhi pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang‎ tidak didukung dengan pertumbuhan kas bersih operasi.

Hal ini menyebabkan dalam tiga tahun terakhir Kementerian Keuangan harus mengajukan permintaan walver pada lender PLN, sebagai dampak terlanggarnya kewajiban pemenuhan covenant PLN dalam perjanjian pinjaman, untuk menghindari cross default atas pinjaman PLN yang mendapatkan jaminan pemerintah.

Kedua, terbatasnya internal fund PLN untuk melakukan investasi, dalam melaksanakan penugasan pemerintah berdampak pada ketergantungan PLN dari pinjaman, baik melalui pinjaman kredit investasi perbankan, penerbitan obligasi, maupun pinjaman dari lembaga keuangan internasional.

Ketiga, berdasarkan profil jatuh tempo pinjaman PLN, kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman PLN diproyeksikan akan terus meningkat di beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, pertumbuhan penjualan listrik tidak sesuai dengan target, adanya kewajiban pemerintah untuk meniadakan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) dapat berpotensi meningkatkan risiko gagal bayar PLN.

Keempat, Sri Mulyani mengungkapkan, dengan mempertimbangkan bahwa sumber penerimaan utama PLN berasal dari TTL yang dibayarkan oleh pelangan dan subsidi listrik dari pemerintah, kebijakan peniadaan kenaikan TTL perlu didukung dengan adanya regulasi yang mendorong penurunan harga biaya produksi listrik.

"Selain itu, kami mengharapkan saudara dapat mendorong PLN untk melakukan efisiensi biaya operasi terutama energi primer guna mengantisipasi peningkatan risiko gagal bayar di tahun-tahun mendatang," lanjut Sri Mulyani dalam poin keempat surat tersebut.

Kelima, terkait dengan penugasan program 35 GW, Sri Mulyani berpendapat perlu dilakukan penyesuaian terkait target investasi PLN dengan mempertimbangkan ketidakmampuan PLN dalam memenuhi pendanaan investasi cashflow operasi, tingginya outlook debt maturity profile, serta kebijakan pemerintah terkait tarif, subsidi listrik, dan Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Hal ini diperlukan untuk menjaga sustainability fiskal APBN dan kondisi keuangan PLN yang merupakan sumber risiko fiskal pemerintah," ucap Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Wanita Ini Tiba-Tiba Membuka Celana dan Melahirkan di Jalan

Posted: 26 Sep 2017 09:30 PM PDT

Seorang wanita di Tiongkok tiba-tiba membuka celana dan melahirkan di jalanan. Akibatnya sang bayi terjatuh ke tanah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telan 28 Magnet, Bayi 2 Tahun Ini Nyaris Meregang Nyawa

Posted: 26 Sep 2017 09:30 PM PDT

Balita asal Colorado, Amerika Serikat nyaris tidak tertolong setelah menelan 28 magnet buckybal. Dalam pantauan sinar-X, magnet buckybal yang berukuran sangat kecil, bersarang di usus kecil balita berusia 2 tahun ini.

Laporan ini pertama kali dikeluarkan Fox 31 Denver pada 24 September 2017. Direktur Endoskopi di Children's Hospital Colorado, Dr Robert Kramer, mengeluarkan magnet dari perut balita tersebut.

Magnet dikeluarkan dari usus menggunakan tabung panjang, yang dimasukkan melalui mulut. Teknik ini bernama endoskopi. Jika endoskopi tidak bekerja, dokter perlu mengoperasi untuk mengeluarkan magnet.

Kramer mengatakan, balita itu sangat beruntung. Dalam beberapa kasus, magnet bisa menyebabkan lubang di usus sehingga dokter perlu mengeluarkan beberapa usus juga.

Lantas bagaimana magnet bisa bersarang di perut balita tersebut? Sang ayah balita rupanya menaruh magnet di meja.

Ia pergi sebentar ke kamar mandi. Saat ia kembali, anak perempuannya sudah memegang magnet. Putrinya memasukkan mainan itu ke dalam mulutnya sendiri.

Sang ayah langsung membawa putrinya yang masih balita melakukan pemeriksaan melalui sinar-X.

 

Simak video menarik berikut ini:

Buckyballs temasuk magnet sangat kecil yang terbuat dari neodymium logam tanah. Magnet ini terbilang kuat, sangat kecil, dan mudah ditelan anak-anak.

Magnet bisa menempel satu sama lain di dinding perut atau usus, yang menyebabkan luka serius. Misal, lubang pada usus, muntah darah, hingga kematian.

Saran terbaik kepada orangtua agar menyimpan magnet di tempat aman dan terhindar dari jangkauan anak-anak. Jika anak-anak terlanjur menelan magnet, segera bawa mereka ke ruang gawat darurat.

Pada tahun 2013, Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat melakukan penarikan penjualan pada magnet di pasaran, dilansir dari Live Science, Rabu (27/9/2017).

Namun, pada bulan Desember 2016, pengadilan banding membatalkan keputusan Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika Serikat. Para pengecer sekarang diizinkan untuk menjual magnet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Simpan Sabu di Celana Dalam Saat Besuk Suami di Penjara

Posted: 26 Sep 2017 09:28 PM PDT

Seorang wanita rela menyembunyikan sabu di celana dalam saat membesuk sang suami yang sedang ditahan di penjara. Wanita ini akhirnya ditahan polisi untuk dimintai keterangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Megawati: Saya Deg-degan Menerima Gelar Doktor dari UNP

Posted: 26 Sep 2017 09:23 PM PDT

Universitas Negeri Padang (UNP) menganugerahkan gelar Doctor Honoris Causa untuk Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dalam bidang politik pendidikan. Mengawali pidato ilmiahnya, Megawati mengaku sempat berdebar-debar.

"Saya sempat deg-degan karena di sini ada lima profesor pendidikan, dan saya berdebar-debar karena anugerah ini menyangkut pendidikan," ujar Megawati mengawali pidatonya, di UNP, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Mega menyatakan, gelar doctor honoris causa yang diberikan UNP bukan yang pertama kali ia dapatkan.

"Ini gelar kelima saya. Tapi, ini merupakan gelar dalam bidang politik pendidikan. Ini suatu kehormatan yang dianugerahkan Universitas Negeri Padang kepada saya," ucap Megawati.

Menurut Mega, entitas politik terkecil yang dihadapi oleh sesorang semasa hidupnya adalah berasal dari keluarga. Sebagai anak dari seorang Presiden Pertama RI, Sukarno, Megawati mengaku merasa beruntung karena sudah mendapatkan pendidikan politik yang baik dari sang ayah sejak dini.

"Pendidikan politik saya, langsung dari ayah saya, bapak bangsa, Bung Karno. Definisi politik Bung Karno mengabdikan diri bagi kepetingan orang banyak. Maksudnya memiliki cita-cita bukan untuk tujuan pribadi," kata Megawati.

 

Mega menafsirkan bahwa kebahagiaan sebagai pemimpin bukan karena saat memegang kekuasaan, tapi ketika dapat mengabdikan diri bersama rakyat.

"Kebahagiaan kita adalah bukan saat memegang kekuasaan, tapi saat susah dan senang bersama dan dekat dengan rakyat," Megawati menandaskan.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

150 Barista Bakal Beradu di Festival Kopi Internasional 2017

Posted: 26 Sep 2017 09:19 PM PDT

Sekitar 150 barista kedai kopi di Kota Bekasi, Jawa Barat, akan berkompetisi dalam Festival Kopi Internasional 2017 di area parkir barat The Downtown Walk Summarecon Mal Bekasi, Minggu (1/10).

"Dari total 150 pengusaha kedai kopi yang kini ada di Kota Bekasi, sebanyak 104 di antaranya sudah konfirmasi untuk terlibat dalam kompetisi ini," kata ketua panitia kegiatan tersebut, Adam Tetirah, di Bekasi, Senin.

Dia mengatakan festival itu akan melombakan kelas fun brewing dan latte art dari para pesertanya melalui penilaian senior barista.

Sebanyak 68 peserta di antaranya telah terdaftar sebagai kontestan fun brewing, sedangkan 36 lainnya terdaftar pada kompetisi latte art.

"Pendekatan seorang barista gak sekadar bikin kopi enak, tapi harus bisa nunjukin kualitasnya. Bisa nonjolin proses pembuatan hingga story telling soal kopi yang dibuatnya," katanya.

Para pengunjung acara itu, juga diberikan kesempatan untuk mencicipi kopi peserta lewat "tenant" yang telah tersedia di lokasi acara.

Menurut dia, tingginya animo peserta kegiatan itu karena produk kopi sedang menjadi tren masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

"Belakangan ini, peracik kopi mulai berani show off, karena produknya diterima masyarakat. Kondisi ini membuka peluang usaha para anak muda saat ini," katanya.

Kompetisi meracik kopi telah menarik minat kalangan pengusahanya tidak hanya di Bekasi, tetapi juga berasal dari Purwakarta, Serpong, dan Jakarta.

"Mereka tahu agenda ini melaui media sosial, rata-rata pengusaha muda yang berkompetisi nanti," katanya.

Pejabat Humas Summarecon Mal Bekasi Dewa Kadek menambahkan Festival Kopi Internasional 2017 ditargetkan mampu menyedot animo pengunjung Pasar Senggol hingga 120 ribu orang pada hari tersebut.

"Acara festival kopi ini merupakan rangkaian agenda Pasar Senggol yang rutin kita laksanakan setiap tahun. Biasanya pada hari kerja yang datang bisa 60 ribu orang, puncaknya terjadi pada akhir pekan mencapai 120 ribu orang," katanya.

Adapun produk kopi yang disajikan, di antaranya jenis toraja, kerinci dan pengalengan.

"Namun banyak juga produk kopi hasil pengembangan peraciknya yang hanya bisa di dapat di Pasar Senggol," katanya. (Andi Firdaus/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambah Modal, Medco Energi Tawarkan Saham Baru

Posted: 26 Sep 2017 09:15 PM PDT

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) akan melakukan penawaran saham terbatas melalui mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue dengan menawarkan sebanyak-banyaknya 4,45 miliar saham dengan nilai nominal Rp 25 per saham.

Selain itu, perseroan juga berencana menerbitkan waran yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk melakukan pembelian saham biasa yang akan dikeluarkan dari portepel perseroan dengan nilai nominal Rp 25 dengan jumlah sebanyak-banyaknya 4,45 miliar.

Waran diterbitkan menyertai saham baru yang diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham perseroan dan pemegang HMETD yang melaksanakan HMETD-nya. Waran merupakan hak untuk membeli saham atau obligasi dari satu perusahaan dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya oleh penerbit waran atau emiten.

Waran itu efek yang diterbitkan oleh suatu perushaan terbuka yang memberi hak kepada pemegang efek baik saham maupun lainnya, untuk memesan saham dari perusahaan itu pada harga tertentu untuk jangka enam bulan atau lebih. Demikian dikutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (27/9/2017).

Jadi jumlah saham baru yang akan diterbitkan dari HMETD II dan waran sebanyak-banyaknya 8,9 miliar saham dengan nilai nominal Rp 25 per saham.

Bagi pemegang saham perseroan yang tidak menggunakan haknya untuk memesan efek terlebih dahulu dalam penambahan modal dengan HMETD dapat terdilusi maksimum 25,22 persen.

Sementara itu, bagi pemegang waran yang tidak melaksanakan waran usai pelaksanaan penambahan modal dengan HMETD II dapat terdilusi maksimum sebesar 20,14 persen.

PT Medco Energi Internasional Tbk akan menggunakan dana rights issue untuk pembayaran sebagian dan seluruh utang yang akan jatuh tempo. Adapun dana hasil pelaksanaan waran digunakan untuk modal kerja perseroan dan anak perseroan. Selain itu, ini dapat juga membayar sebagian dan atau seluruh obligasi rupiah yang telah melewati periode saat perseroan berhak untuk membeli kembali obligasi itu tanpa persetujuan pemegang obligasi dan wali amanat.

PT Medco Energi Internasional Tbk mencatatkan jumlah modal Rp 333,24 miliar sebelum HMETD, dan saham dalam portopel sebesar Rp 616,75 miliar.

Sesudah pelaksanaan rights issue, jumlah modal perseroan menjadi Rp 444,49 miliar dengan jumlah saham dalam portopel Rp 505,50 miliar. Perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis 2 November 2017.

Pada perdagangan saham Rabu pekan ini pukul 10.41 WIB, saham PT Medco Energi International Tbk turun 7,06 persen menjadi Rp 790 per saham.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lampung Siap Gelar Hari Kopi Internasional

Posted: 26 Sep 2017 09:15 PM PDT

 

Peringatan Hari Kopi Internasional yang dipusatkan di Lampung diharapkan dapat meningkatkan gengsi kopi robusta Lampung dari biji menjadi olahan.

"Pemerintah Provinsi Lampung siap menggelar Hari Kopi Internasional (Internasional Coffe Day) 29 September hingga 1 Oktober 2017 yang dipusatkan di Bandarlampung dan Tanggamus," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung, Ferynia, di Bandarlampung, Rabu.

Ia juga mengharapkan gelaran tersebut mampu menunjang produktivitas perkebunan kopi, peningkatan wawasan, ajang kompetisi, dan promosi berbagai produk kopi, yang berujung pada peningkatan citra kopi robusta Lampung.

Dia menyebutkan, beberapa materi acara diikuti daerah sentra penghasil kopi Indonesia. Kemudian, seminar, talkshow, tour the coffee knowledge berupa wisata agro berbasis ilmu pengetahuan di kebun percontohan PT Nestle Indonesia, Dusun Penginyongan, Pekon Negeri Agung, Kecamatan Talangpadang, Tanggamus.

Rangkaian acara juga kejuaraan Barista Nasional 2017, terdiri atas tiga kategori yaitu manual brewing, coffee cup testing robusta, dan latte art.

"Ada sekitar 60 peserta internasional, 24 peserta lomba brewing, 18 peserta lomba latte, dan 18 peserta cup test yang berasal dari Yogyakarta, Medan, Sulawesi Barat, dan Jakarta. Sedangkan dari Lampung berasal dari Bandarlampung, Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus dan Lampung Utara," kata Ferynia.

Prosesi pembukaan dimeriahkan pelepasan balon led diiringi lighting show pada puncak acara di Novotel. Ajang ini mengundang Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, dan 20 duta besar, serta 18 gubernur penghasil kopi se-Indonesia.

"Hari Kopi Internasional ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual, daya saing, dan branding kopi Indonesia yang lebih mendunia dan dapat memperkenalkan kopi robusta Lampung ke manca negara," ujarnya.

Selain itu, menurut Ferynia menumbuhkan inovasi baru dan pelaku usaha kopi yang berujung pada kesejahteraan petani kopi lampung dan pertumbuhan konsumsi lokal kopi Lampung. (Agus Wira Sukarta/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilirik Banyak Klub, Indra Sjafri Minta Pemain Timnas U-19 Fokus

Posted: 26 Sep 2017 09:15 PM PDT

Pamor para pemain Timnas Indonesia U-19 meningkat setelah tampil di Piala AFF U-18 di Myanmar. Beberapa pemain yang tampil apik di sana mulai dilirik sejumlah klub Liga 1.

Salah satu pemain yang menjadi incaran adalah Egy Maulana Vikri. Topskor Piala AFF U-18 ini kabarnya tengah dibidik Persib Bandung dan Persija Jakarta.

Mengenai hal tersebut, Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri meminta para pemainnya untuk fokus. Indra pun mengaku tak memberikan saran apapun terkait prospek pemainnya di Liga 1.

"Ga ada. Saya close dulu. Tidak dulu. Kita fokus dulu dan kita sudah siapakan agenda terbaik," ujar Indra saat dihubungi lewat telepon.

Timnas Indonesia U-19 memang tak punya waktu banyak usai tampil di Piala AFF U-18. Mereka akan turun di Kualifikasi Piala Asia U-19 akhir Oktober nanti di Korea Selatan.

Saat ditanya mengenai agenda terdekat, Indra pun menolak untuk membeberkannya. "Nanti akan kita rilis," ujarnya singkat.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup F Piala Asia U-19 bersama dengan Malaysia, Brunei Darussalam, dan tuan rumah Korea Selatan. Egy Maulana dan kawan-kawan akan memulai laga pada 31 Oktober 2017 dengan melawan Brunei Darussalam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Khairil Anwar, Muzdalifah Kena Cap Negatif

Posted: 26 Sep 2017 09:10 PM PDT

Pernikahan Muzdalifah dan Khairil Anwar telah dibatalkan pengadilan. Sesuai gugatan Muzdalifah, Khairil Anwar diduga menggunakan akta cerai palsu ketika menikahi janda Nassar KDI tersebut.

Sial bagi Muzdalifah, rupanya Khairil Anwar masih memiliki istri sah. Tak ayal, janda empat anak itu pun dicap sebagai perebut suami orang.

Muzdalifah menjalani sidang cerai dengan pedangdut Nassar di Pengadilan Agama Kota Tangerang, Tangerang, Selasa (6/10). Dalam sidang yang tidak dihadiri Nassar itu, majelis hakim meresmikan keduanya berpisah secara verstek. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

"Justru itu kenapa aku membatalkan pernikahan, karena aku sudah tahu (dicap perebut suami orang). Jadi aku tahunya pas sudah menikah, aku baca Whatsapp isinya kok Mas & My Darling semua. Apa yang dia omongkan 'aku tidur di bawah dan di atas' memang itu benar," ujar Muzdalifah di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2017).

Oleh karena itu, Muzdalifah merasa upaya hukum yang ditempuhnya sudah cukup baik. Apalagi, kini ia bisa hidup tenang tanpa cap negatif itu seperti saat masih bersama Khairil Anwar.

 

Muzdalifah saat berada di ruang sidang Pengadilan Agama Tanggerang, Selasa (1/9/2015). Muzdalifah akan menjalani sidang perdana gugatan cerai kepada suaminya Nassar. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Meski menyimpan kekecewaan besar karena dibohongi mantan suami, namun Muzdalifah tetap bersyukur karena bisa lepas dari status istri orang.

"Aku enggak suka dibohongi. Kalau dia ternyata punya istri kan enggak akan mau (menikah). Dia bicaranya kan duda sudah tujuh tahun," kata Muzdalifah.

"Padahal si perempuan itu bilang ke saya, 'Ibu mau saya carikan suami?'. Ternyata memang perempuan itu istrinya, itu yang membuat saya kecewa. Tapi ya sudahlah, Alhamdulillah pembatalan nikah sudah dikabulkan," ia mengakhiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Patahan Tembok Berlin Hiasi RPTRA Kalijodo

Posted: 26 Sep 2017 09:10 PM PDT

4 patahan asli tembok Berlin menambah keindahan RPTRA Kalijodo. Karya seniman Teguh Ostenrik ini mulai bisa dinikmati warga yang berkunjung.

Rencananya, karya seni ini akan diresmikan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pada 3 Oktober mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan UNP Beri Gelar Doktor Politik Pendidikan untuk Megawati

Posted: 26 Sep 2017 09:03 PM PDT

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima gelar doctor honoris causa dari Universitas Negeri Padang (UPN), Sumatera Barat. Gelar ini diberikan berkat jasa Megawati dalam politik pendidikan di Indonesia.

Dalam pidato promosi, Guru Besar UPN Prof Sufyarma menuturkan saat menjadi presiden, Megawati menelurkan undang-undang penting terkait pendidikan di Indonesia. Undang-undang itu dinilai telah mempengaruhi arah kebijakan pendidikan nasional secara lebih baik.

"Pada masa pemerintahan presiden ke-5 Megawati, lahir undang-undang membawa perubahan siginifikan yang strategis dan praktik pendidikan di Indonesia yang dikenal dengan UU 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas)," ujar dia di Kampus UPN, Padang, Sumatera Barat, Rabu (27/9/2017).

Dia menambahkan, UU tersebut lahir dengan dasar mengukuhkan komitmen Indonesia untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. UNP melihat undang-undang tersebut merupakan formulasi dan implementasi pendidikan politik yang sangat strategis dalam mengembangkan SDM.

"Oleh sebab itu, peranan dan jasa Presiden ke-5 RI Megawati dalam menggagas dan mengawal lahirnya UU Sisdiknas tersebut. Beliau sangat layak untuk dianugerahi gelar doctor honoris causa dalam bidang bidang politik pendidikan," ujar Sufyarma.

Ada beberapa pilar dalam perkembangan politik pendidikan yang merujuk UU tersebut. Pertama, yaitu politik pendidikan berbasis harus merujuk kepada nilai Pancasila.

 

"Sebagai ideologi dan dasar negara tidak boleh ditawar lagi dalam NKRI," ujar Sufyarma.

Sebab itu, kata dia, arah pendidikan nasional harus fokus pada mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Politik pendidikan untuk membangun peradaban bangsa melalui penanaman budaya lokal dan nasional yang bermuara pada karakter bangsa," ucap Sufyarma.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Remaja Masa Kini Terlambat Menjadi Dewasa?

Posted: 26 Sep 2017 09:03 PM PDT

Tidak seperti kaum remaja dari dekade-dekade sebelumnya, kaum remaja masa kini dilaporkan perlu waktu lebih lama untuk berkembang.

Lebih kecil kemungkinan mereka mencuri-curi mencoba alkohol, melakukan seks, mengajak kencan lawan jenis, menjelajah dunia tanpa orangtua, mengemudikan mobil, atau bekerja seusai sekolah untuk mencari nafkah. Kaget?

Setidaknya, dalam konteks Amerika Serikat (AS), itulah temuan suatu penelitian teranyar yang diterbitkan dalam jurnal Child Development.

Seperti dikutip dari theladders.com pada Selasa (26/9/2017), penelitian itu menggunakan data pemerintah dan penelitian pemanfaatan-waktu (time-use) untuk menganalisa tanggapan-tanggapan survei dari 8,3 juta remaja AS antara 1976 hingga 2016.

Penelitian itu mengungkapkan bahwa kaum remaja masa kini menghindari perilaku yang lazim meluas pada beberapa dekade lalu.

Misalnya, jumlah remaja yang pernah mendapat penghasilan dari bekerja turun dari 76 persen (1970-an) ke angka 55 persen (2010).

Lalu, jumlah siswa SMP yang pernah mencuri-curi mencoba alkohol turun lebih dari setengahnya sejak 1993.

Kebanyakan (54 persen) siswa SMA melakukan seks pada 1991, tapi hanya 41 persen remaja 2015 yang mengaku telah kehilangan keperjakaan atau keperawanan.

Menurut para peneliti, "Penurunan kegiatan-kegiatan itu secara relatif baru terjadi belakangan ini, terutama muncul sejak 2000…dan cukup terasa."

"Penurunan kegiatan dewasa ada di antara kaum muda lelaki dan perempuan, kulit putih dan kulit hitam, status sosial rendah maupun tinggi, di empat kawasan AS, baik di lokasi-lokasi desa, kota, dan pinggiran kota."

Penurunan secara statistik terjadi di semua demografi, sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa ras, gender, ataupun lokasi geografis bukan alasan utama masa remaja yang lebih lama.

Mereka juga menampik alasan bahwa remaja sekarang lebih sibuk atau terlalu banyak pekerjaan rumah (PR) dari sekolah karena para peneliti mendapati bahwa siswa SMA 2010-an menghabiskan waktu lebih sedikit dalam melakukan PR dan kegiatan ekstra kurikuler dibandingkan dengan para siswa SMA 1990-an.

 

Pubertas dini yang terjadi pada anak perempuan berisiko depresi yang lebih tinggi di usia remaja mereka.

Lalu, apa yang menyebabkan kaum remaja sekarang gagal melesat?

Para peneliti mengajukan beberapa teori. Mereka berpendapat bahwa "investasi lebih besar oleh orangtua dan peningkatan angka harapan hidup mendorong waktu tumbuh kembang yang lebih lama dan penundaan reproduksi."

Ketika orang bisa hidup lebih lama, ia tidak perlu memusatkan semua energi pada penyintasan hari demi hari. Ia bisa menunda beberapa tahun untuk menjadi seorang dewasa yang mandiri.

Para peneliti juga mengutarakan "teori riwayat hidup" yang berpandangan bahwa jika seseorang terpapar kepada lingkungan yang ganas dan tak terduga semasa anak-anak, maka ia akan terpaksa menjadi dewasa jauh lebih dini.

Ketika keluarganya hidup secara nyaman, seseorang tidak berada di bawah tekanan untuk melangkah sendirian yang menyebabkannya terpapar kepada kenikmatan maupun bahaya berkaitan dengan kesempatan-kesempatan baru seorang dewasa.

Menurut konteks-konteks sosial tersebut, masuk nalar kita jika para peneliti mendapati bahwa kegiatan dewasa menjadi kurang lazim di kalangan remaja ketika angka median penghasilan keluarga, angka harapan hidup ketika si remaja lahir, maupun persentasi lulusan SMA yang meneruskan kuliah lebih tinggi.

Namun demikian, para peneliti mengakui adanya keterbatasan ketika mendasarkan kesimpulan seluas itu hanya pada jawaban survei pribadi kaum remaja yang mungkin saja tidak berlaku pada semua remaja.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Ilustrasi Smartphone Android, Gadget. Kredit: Pexels via Pixabay

Teori paling radikal yang diajukan dalam penelitian adalah bahwa kaum remaja sekarang terlalu sibuk secara daring sehingga menghambat pendewasaan.

Dugaan penelitan berbunyi, "Mungkin kaum remaja lebih jarang ke luar dumah karena larangan orangtua sehingga lebih banyak berkomunikasi secara daring."

Teori yang disebut terakhir tersebut masuk akal jika kita maklum bahwa salah satu pimpinan penulisan penelitian, Jean M. Twenge dari San Diego State University, adalah juga seorang penulis artikel "Have Smartphones Destroyed a Generation?" untuk situs Atlantic.

Dalam artikel tersebut, Twenge berpendapat bahwa telepon pintar telah memberi pengaruh negatif kepada kesehatan mental kaum milenial dan juga menjadi alasan pelonjakan angka depresi dan bunuh diri kalangan remaja pada 2011.

Twenge mengutip temuan penelitian "Monitoring the Future" yang mendapat dukungan pemerintah AS. Temuan survei menyebutkan bahwa kaum remaja yang melekat kepada layar perangkat pintar mereka justru lebih berkemungkinan tidak bahagia.

Menurut teori demikian, remaja masa kini bukan lebih malas atau bosan dibandingkan dengan kaum remaja bandel pada era 1980-an, tapi mereka terlalu terbeban oleh kecemasan dan tekanan emosional untuk sanggup menerima tanggungjawab, kecemasan, dan beban baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Status Awas Gunung Agung Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Posted: 26 Sep 2017 09:01 PM PDT

Status Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem saat ini sudah memasuki level Awas. Setelah ditetapkan Awas pada Jumat, 22 September 2017, intensitas gempa yang terjadi semakin banyak.

Namun, dengan situasi itu, aktivitas pariwisata di Bali tidak berhenti. Hal ini karena masih banyak wisatawan yang mengunjungi tempat-tempat wisata di Pulau Dewata itu.

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia Wilayah Bali, I Ketut Ardana menjelaskan, status Gunung Agung memang sempat membuat panik wisatawan asing yang datang ke Bali. Namun, hal itu mengurungkan niat mereka menikmati keindahan Bali.

"Saat ini pariwisata Bali masih berjalan normal, walau Gunung Agung yang berada di Karangasem sudah berstatus Awas. Tapi, tujuan mereka (wisatawan) dialihkan di wilayah Bali lainnya," kata Ardana di Denpasar, Selasa, 26 September 2017.

Ardana mengatakan, pilihan wisata di Bali tidak hanya berada di daerah yang berdampak Gunung Agung. Namun begitu, banyak lokasi wisata menarik yang berada di sejumlah daerah di pulau itu. Pihaknya pun sudah memastikan keamanan lokasi wisata itu. 

"Bali tidak hanya satu kabupaten, tapi ada sembilan kabupaten/kota, di mana terdapat banyak lokasi wisata lainnya. Di Kabupaten Karangasem pun wisata yang masih bisa dikunjungi masih banyak. Yang dilarang didatangi hanya di kawasan lereng Gunung agung dan sekitarnya," ujar dia.

Menurut Ardana, wisatawan yang datang ke Bali mayoritas lebih sering menghabiskan waktu di sekitar pantai dan perbukitan Bali, seperti di Kabupaten Badung dan Kabupaten Gianyar.

"Yang terpenting adalah statement dari Pemerintah Provinsi Bali. Karena, kita pelaku pariwisata berpaku dari sana. Tapi, kalau untuk dampak wisata tidak berpengaruh terhadap status Gunung Agung. Kita masih punya objek wisata banyak di Bali," Ardana memungkasi.

Sementara itu, Faulin, wisatawan asal Perth, mengaku tidak masalah jika jadwal wisata yang seharusnya ke Pura Besakih dialihkan ke Bedugul yang terletak di Kabupaten Tabanan. "Saya tidak masalah. Ini Bali, Bali indah. Terlalu banyak yang ingin saya kunjungi. Untuk ke sana (Besakih) bisa lain waktu jika kondisi sudah aman," kata dia.

Seperti diketahui, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terus merekam aktivitas Gunung Agung di Bali, yang terus meninggi. Kepala PVMBG, Kasbani menjelaskan, hingga kini aktivitas gunung dengan ketinggian 3.031 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu belum menunjukkan tanda-tanda penurunan aktivitas.

Saat ini, salah satu tempat wisata, Pura Besakih telah ditetapkan sebagai tempat yang tidak boleh dikunjungi karena berada di zona merah Gunung Agung. PVMBG menetapkan zona aman di luar 12 kilometer dari puncak Gunung Agung.

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Rumah Desain Unik, Potret Kemewahan Dubai, Typo Bikin Rugi

Posted: 26 Sep 2017 09:00 PM PDT

Setiap rumah punya bentuk dan desain berbeda. Ada yang sederhana dan minimalis ada pula yang megah bak istana.

Beberapa rumah didesain unik sehingga bisa menarik perhatian. Artikel tentang desain unik sejumlah rumah yang bikin bengong menjadi yang paling banyak dibaca pada kanal Citizen6, Liputan6.com.

Lalu di urutan kedua ada artikel seputar potret kemewahan yang hanya bisa disaksikan di Dubai. Diikuti artikel tentang salah ketik atau typo yang membut rugi hingga jutaan dollar menempati urutan ketiga.

Berikut top 3 Citizen6:

1. 7 Rumah dengan Desain Unik yang Bikin Bengong

Kebanyakan kita tinggal dalam sebuah rumah dengan desain yang umum. Namun ada juga yang memiliki rumah dengan desain yang unik dan juga menakjubkan. Beberapa rumah berikut ini memiliki desain serta struktur yang tak biasa.

Selengkapnya..

2. 21 Potret Kemewahan yang Hanya Ada di Dubai

Kalau bicara tentang Dubai, hal pertama yang terlintas adalah gaya hidup masyarakatnya yang mewah dan elegan. Semua hal fantastis yang sulit dibayangkan oleh nalar manusia bisa kamu temukan di negara ini.

Mulai dari kebiasaan untuk membeli berbagai barang berlapis emas, memelihara hewan buas, hingga mengoleksi mobil mewah.

Selengkapnya..

3. Gara-Gara Typo Bikin Rugi Jutaan Dollar, 7 Kasus Ini Buktinya

Kesalahan ketik, atau yang lebih dikenal dengan sebutan typo, memang sering tak sengaja dilakukan saat mengirim pesan atau chat. Namun, bagaimana jika kesalahan ketik tersebut malah berakibat fatal, bahkan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit?

Berikut 10 kesalahan ketik yang harus dibayar mahal.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raja Imbang, Persib Pede Tidak Ditinggal Bobotoh

Posted: 26 Sep 2017 09:00 PM PDT

Kekecewaan bobotoh terhadap tim kesayangannya, Persib Bandung mulai muncul ketika Kim Jeffrey Kurniawan Cs meraih hasil imbang tiga kali berturut-turut saat bermain di kandangnya sendiri.

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar menilai wajar hal tersebut pasalnya sebagai pendukung tentunya mengharapkan hasil maksimal apalagi saat bermain dengan status tuan rumah.

Namun Umuh tetap optimis bobotoh akan memberikan dukungan maksimal, terutama untuk kebangkitan Persib pada kompetisi Liga 1. Dia yakin bobotoh tak akan tinggalkan Persib.

"Saya punya keyakinan karena bobotoh ini sudah menyatu, mendarah daging, apapun juga untuk Persib, tapi mereka tetap mendukung," ucap dia, Selasa (26/9/2017).

Umuh tetap mengimbau kepada bobotoh agar tidak melakukan hal yang melanggar aturan dalam menyampaikan aspirasi atau bentuk kekecewaannya kepada juara ISL 2014.

"Saya juga tidak menyalahkan yang kecewa, tapi ada aturan, harus wajar. Kita hanya kurang beruntung saja (mendapat tiga kali hasil imbang di kandang secara beruntun)."

"Insha Allah kita perbaiki dan evaluasi. Semua juga (pemain dan staf pelatih) bersaha untuk lebih baik, minta doanya yah buat bobotoh agar Persib lebih baik kedepannya," ujar Umuh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: