Senin, 18 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bangun 245 Proyek Infrastruktur, Pemerintah Harus Hadapi Makelar

Posted: 18 Sep 2017 10:07 PM PDT

Pemerintah Joko Widodo (Jokowi) berambisi membangun 245 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan dua Program hingga 2019 dengan kebutuhan pendanaan sekitar Rp 4.700 tiliun.

Namun faktanya, masih ada hambatan untuk mewujudkan proyek infrastruktur, mulai dari makelar tanah, pengadaan yang lelet, sampai kurang optimalnya penyerapan dana oleh pemerintah daerah (pemda).

Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto mengungkapkan, pemerintah berupaya mengejar pembangunan 245 proyek strategis nasional, antara lain jalan, jembatan, pelabuhan, jalur kereta, bandara, irigasi, bendungan, proyek energi, dan 2 program, yaitu listrik 35 ribu Megawatt (Mw) serta pengembangan industri pesawat.

"Total biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 4.700 triliun sampai dengan 2019. Pendanaan infrastruktur terus meningkat setiap tahun, dan pada 2018 dianggarkan Rp 409 triliun," tuturnya dalam acara Seminar Nasional Pengadaan Tanah di kantor Kemenkeu, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Asal tahu, jumlah alokasi anggaran Rp 409 triliun di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) naik dibanding APBN Induk 2017 sebesar Rp 387,3 triliun dan Rp 401,1 triliun di APBN Perubahan 2017.

"Jumlah ini besar untuk satu RAPBN yang masih bergelut dengan tantangan penerimaan. Tapi ini komitmen pemerintah untuk mengejar ketertinggalan karena proyek-proyek infrastruktur mangkrak di tahun-tahun lalu sudah mulai bergerak, salah satunya proyek SPAM Umbulan," jelas Hadiyanto.

Sayangnya, Hadiyanto mengakui masih ada hambatan pemerintah dalam membangun ratusan proyek infrastruktur. Pertama, tidak adanya konektivitas antara dana yang dimiliki pemerintah daerah dengan rencana pembangunan infrastruktur yang mengakibatkan dana banyak mengendap di bank.

Sebagai contoh, Dana Alokasi Khusus (DAK) infratruktur pada 2016 hanya terserap 75 persen. Sedangkan untuk transfer ke daerah dan dana desa (DAK, dana desa untuk infrastruktur, dan dana transfer umum untuk infrastruktur) pada tahun depan dialokasikan Rp 182,8 triliun dari total anggaran Rp 409 triliun.

"Masih ada daerah yang membuat uang infrastruktur ini iddle dan hanya disimpan di bank. Jadinya kan tidak tersalurkan untuk sektor riil, sehingga ini menjadi tantangan daerah supaya mendorong pembangunan infrastruktur," tambah Hadiyanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ia menuturkan, hambatan kedua, proses pengadaan yang beralurt-larut mengakibatkan pembengkakan biaya. "Ada makelar tanah yang tahu pemda bakal bikin proyek apa, lalu langsung tanah di kavling-kavling dengan harga mahal," ucap mantan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu itu.

Hambatan terakhir, lanjut Hadiyanto, perencanaan pembangunan yang kurang matang mengakibatkan sasaran pembangunan menjadi kurang tepat.

Dari beberapa hambatan tersebut, dia memberikan solusi supaya proyek infrastruktur tetap berjalan, yakni melibatkan penilai publik atau penilai pemerintah dalam perencanaan pembangunan infrastruktur.

"Kaitan penilai publik atau penilai pemerintah ini untuk estimasi nilai tanah yang akan dibebaskan sehingga penganggaran akan lebih baik. Solusi lain, analisis highest and best use (HBU), feasibility study, dan pemanfaatan aset," ujar Hadiyanto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aung San Suu Kyi Akhirnya Bicara Soal Krisis Rohingya

Posted: 18 Sep 2017 10:05 PM PDT

State Counsellor dan pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, akhirnya buka suara di tengah krisis kemanusiaan yang melanda Warga Rohingya.

Dalam pidato nasional yang disiarkan di televisi, Suu Kyi mengatakan bahwa Myanmar tak takut dengan sorotan masyarakat internasional atas krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di negaranya.

"Bukan lah niat Pemerintah Myanmar untuk melempar kesalahan atau melepaskan tanggung jawab. Kami mengecam semua pelanggaran hak asasi manusia dan kekerasan yang tak berlandaskan hukum," ujar Suu Kyi dalam pidato 'The National Reconciliation and Peace' yang disampaikan di Naypyidaw, seperti dikutip dari CNN, Selasa (19/9/2017).

"Kami berkomitmen dalam pemulihan perdamaian, stabilitas, dan peraturan perundang-undangan di seluruh negara bagian," kata Suu Kyi.

Meski demikian, Suu Kyi menyebut bahwa pihaknya ingin menemukan bukti kuat sebelum bertindak.

"Kami juga prihatin. Kami ingin mencari tahu apa masalah sebenarnya. Ada tuduhan dan tuduhan balasan. Kita harus mendengarkan mereka semua. Kita harus memastikan tuduhan tersebut didasarkan pada bukti kuat sebelum kita bertindak," ujar dia seperti dilansir The Guardian.

Perempuan kelahiran 19 Juni 1945 itu, juga menyampaikan bahwa Myanmar merasakan penderitaan yang dialami oleh semua kelompok di Rakhine -- negara bagian yang menjadi rumah bagi warga Muslim Rohingya.

"Kami prihatin mendengar banyak warga muslim kabur ke Bangladesh," kata Suu Kyi. "Kami ingin mencari tahu mengapa eksodus ini terjadi," imbuh dia.

Meski mendapat kritik tajam dari dunia internasional, Aung San Suu Kyi tampaknya masih menjadi sosok populer. Dilansir dari CNN, banyak pendukungnya menuduh masyarakat internasional gagal memahami dengan baik krisis tersebut.

Di Yangon, banyak orang berkumpul di sebuah layar besar untuk menyaksikan pidato Suu Kyi. Dalam sebuah demonstrasi sehari sebelum Suu Kyi menyampaikan pidatonya, ratusan orang berkumpul untuk menunjukkan dukungan kepada pemerintah.

 

Pidato rekonsiliasi dan perdamaian nasional yang disampaikan Suu Kyi, dilakukan di tengah pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-72. Ia, memilih absen dalam kegiatan tahunan itu.

Sekitar 400.000 muslim melarikan diri dari Rakhine, Myanmar, ke Bangladesh sejak gelombang kekerasan kembali merebak pada 25 Agustus 2017. Sebagian wilayah desa dilaporkan telah rata dengan tanah akibat dibakar.

PBB pun menuduh pemerintah Myanmar telah melakukan pembersihan etnis. Sementara itu, militer Myanmar mengatakan bahwa pihaknya hanya memerangi gerilyawan Rohingya dan membantah laporan telah menargetkan warga sipil.

Warga Rohingya beberapa kali harus merasakan gelombang kekerasan. Menurut sejumlah laporan, mereka kerap mendapat diskriminasi karena tak kunjung menjadi warga negara resmi Myanmar.

Suu Kyi, yang meraih Nobel Perdamaian pada 1991, mendapat kritik secara luas dari mantan pendukungnya di negara-negara Barat karena dinilai gagal mencegah kekerasan.

Rekan peraih Nobel, termasuk Dalai Lama, Demond Tutu, dan Malala Yousafzai, telah meminta Suu Kyi untuk menghentikan kekerasan yang dialami warga Rohingya.

Sejumlah pihak menilai bahwa absennya Suu Kyi di sidang Majelis Umum PBB karena berusah menghindari sorotan atas kritik keras yang diterimanya.

Namun, Juru Bicara Pemerintah Myanmar, Aung Shin, mengatakan bahwa Suu Kyi memiliki masalah yang mendesak untuk ditangani sehingga tak hadir dalam sidang tersebut. Ia menambahkan, Suu Kyi tak pernah takut menghadapi kritik atau masalah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolri: KPK dan Polri Tak Bersaing, Kami Saling Mengisi

Posted: 18 Sep 2017 10:05 PM PDT

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku pihaknya amat mendukung kinerja dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia pun menegaskan, Polri akan terus bersinergi dengan KPK, terutama dalam hal pemberantasan korupsi.

"Kami enggak ingin Polri dan KPK bersaing, yang ada kami saling mengisi," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

KPK dan Polri, sambung Kapolri, memiliki kelebihan masing-masing sebagai lembaga penegak hukum. Tito tak memungkiri KPK memiliki kewenangan melebihi Polri dalam penanganan kasus korupsi.

Hanya saja, mantan Kapolda Metro Jaya mengaku hal itu tidak membuat Polri iri. Bahkan, pihaknya akan mendukung upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan bantuan personel Polri ke KPK.

"Sementara Polri punya kelebihan utama, pasukannya banyak. Kami mungkin bisa cocok dicanangkan agendanya apa, bagi tugas. Misal kita sama-sama bersihin kepala daerah," jelas Tito.

Dengan begitu, lanjut Kapolri, setiap kali KPK akan menggelar OTT di suatu tempat, koordinasi dengan aparat kepolisian di wilayah tersebut akan jauh lebih mudah.

"Polri juga akan paralel, sehingga OTT KPK di beberapa tempat akan di-follow up oleh para Kapolres dan Kapolda di wilayah masing masing," pungkas Tito.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian enggan berkomentar banyak soal kasus yang melibatkan Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigjen Pol Aris Budiman dan penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

"Saya tidak ingin memberikan komentar mengenai permasalahan anggota Polri yang sedang bertugas di KPK. Saya menahan diri untuk enggak banyak berikan komentar soal itu," tutur Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2017).

Dia mengaku sangat berharap tidak ada pihak mana pun yang mencoba membuat pecah dua institusi negara itu. Pada dasarnya, Polri dan KPK itu satu.

"Saya hargai KPK. Saya tidak ingin Polri berbenturan dengan KPK. Saya enggak ingin kedua institusi ini jadi berseberangan. Bersinergi akan lebih baik," jelas Tito.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Halangi Jalan Selama 14 Tahun, Rumah Ini Akhirnya Diruntuhkan

Posted: 18 Sep 2017 10:03 PM PDT

Sebuah rumah di Shanghai, China, yang telah menghalangi jalan raya selama 14 tahun akhirnya diruntuhkan.

Para penghuni rumah yang dikenal dengan sebutan 'rumah paku' itu, menolak pindah sejak 2003. Mereka beralasan kompensasi yang diberikan pemerintah tidak sepadan.

Namun pada akhirnya mereka menyetujui paket kompensasi senilai 2,7 juta yuan dan memperbolehkan rumah mereka untuk diruntuhkan.

'Rumah paku' menjadi hal yang kerap terjadi di tengah pembangunan pesat oleh Pemerintah China. Istilah tersebut digunakan untuk mendeskripsikan rumah yang tak boleh dihancurkan oleh para penghuni.

Dikutip dari BBC, Senin (18/9/2017), dalam kasus bangunan di Shanghai, rumah tersebut berdiri di pembangunan jalan. Hal tersebut memuat jalan yang melintasi bangunan itu menjadi lebih sempit -- dari empat jalur menjadi dua.

Menurut kantor berita China, pembongkaran dilakukan dalam semalam dan memakan waktu sekitar 90 menit.

Saat ekskavator bergerak untuk meruntuhkan rumah, air disemprotkan untuk mengurangi debu.

Meski sering mendapat perlawanan, para pengembang tak ambil pusing dan tetap melanjutkan pembangunan di sekitarnya.

Para pemilik biasanya melakukan berbagai hal untuk menjaga properti mereka tetap utuh. Bahkan, mereka tetap bertahan meski gedung pencakar langit atau pusat perbelanjaan melintas di atas rumah mereka.

 

Tak hanya di Shanghai, pada 2015 fenomena 'rumah paku' juga terjadi di Nanning. Dalam rangka melawan terhadap pihak otoritas, seorang penghuni rumah ngotot tidak membolehkan petugas membuldozer rumahnya.

Rumah tak berpenghuni itu kurang lebih bisa dibilang gubuk. Lokasinyalah yang sedikit berbeda dari rumah selayaknya, yaitu di tengah-tengah jalan, yang menghambat pembangunan.

Perselisihan atas rumah paku di Nanning sudah ada sejak lebih dari satu dekade lalu. Rumah yang sudah bobrok dengan atap pecah-pecah itu merupakan milik dari seorang penduduk desa yang sudah direlokasi di akhir tahun 90-an.

Menurut laporan Nanguo, pemerintah gagal dalam mengisukan izin penggusuran dengan benar, sehingga pemilik yang tidak yakin dengan klaim kompensasi menolak menandatangani persetujuan.

Namun, beberapa isu mendapat empati publik dan berbalik melawan pengembang kaya yang ingin membuat lapangan golf atau apartemen mewah.

Dalam salah satu kasus 'rumah paku' di Kota Chongqing tahun 2007, Yang Wu dan Wu Ping menolak bayaran dari pemerintah selama bertahun-tahun. Bahkan saat 208 keluarga di sekitar mereka pindah untuk membangun pusat perbelanjaan.

Walau pihak pengembang memotong sumber listrik dan air, dan mengisi lubang sedalam 10 meter di sekitar rumah, Yang tetap bersikeras.

"Kita tidak akan pindah! Kita lahir dan mati dengan rumah ini!" seru dia dari atap rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Ibu Muda yang Tusuk Dada Bayinya Sendiri

Posted: 18 Sep 2017 10:03 PM PDT

Kepolisian Resor Trenggalek, Jawa Timur, menetapkan ibu dari bayi yang meninggal karena kehabisan darah dengan luka bekas tusukan di bagian dada tembus ketiak, sebagai tersangka tunggal kasus pembunuhan. Polisi menetapkannya sebagai tersangka setelah kondisi ibu itu membaik pascapersalinan.

"Hasil olah TKP (tempat kejadian perkara), keterangan saksi dan barang bukti yang kami temukan, bayi ini dibunuh menggunakan gunting di bagian dada hingga tembus organ dalam," kata Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman di Trenggalek, Senin, 18 September 2017, dilansir Antara.

Ibu bayi dimaksud diidentifikasi bernama Lisa Andini (23), warga Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak. Lisa yang sebelumnya bekerja di salah satu toko modern di Surabaya. Ia lalu pulang ke Trenggalek dalam kondisi hamil di luar nikah.

Ia sempat dirawat intensif di RSUD dr Soedomo, bersamaan dengan bayinya yang lahir prematur dan tewas kehabisan darah akibat luka tusukan di dada, karena kondisinya yang lemah.

Polisi sejak awal sudah menduga Lisa Andini membunuh bayi prematur yang lahir pada usia kandungan tujuh bulan itu. Namun, penetapan tersangka baru dilakukan tiga hari setelah kejadian karena menunggu kondisi ibu muda itu membaik.

"Kami menyita barang bukti, di antaranya gunting yang digunakan untuk menusuk anaknya, wadah semen, kemudian sejumlah pakaian pelaku serta barang bukti lainnya. Kami juga dikuatkan oleh hasil autopsi," kata Donny.

Penjelasan polisi saat gelar perkara, pembunuhan anak kandung tersebut dilakukan Lisa Andini sesaat setelah melahirkan. Kejadian bermula pada Rabu, 13 September 2017, saat Lisa merasakan perutnya mulas dan akhirnya melahirkan di kamar mandi di rumah kerabatnya di Desa Margomulyo, Kecamatan Watulimo.

Setelah melahirkan itu, Lisa sempat meminta tolong pemilik rumah untuk mengambilkan gunting. Namun karena di dalam kamar mandi, pemilik rumah memberikan gunting lewat angin-angin pintu.

"Jadi tidak tahu kalau pelaku ini melahirkan," ujarnya.

Kapolres Donny menjelaskan ibu muda yang dalam kondisi panik kemudian menghujamkan gunting tersebut ke dada bayinya sendiri hingga tembus ke bagian bawah ketiak. Tusukan tersebut juga melukai paru-paru bayi sehingga mengempis.

"Pada saat itu bayi laki-laki tersebut sempat dibuang oleh tersangka Lisa Andini ini di belakang rumah bibinya dengan dibungkus sak semen. Namun, aksi itu akhirnya ketahuan oleh pemilik rumah yang kemudian memanggil bidan dan dirujuk ke rumah sakit," paparnya.

Polisi baru mengetahui kejadian tersebut pada Kamis, 14 September 2017, setelah mendapat informasi dari petugas rumah sakit yang curiga dengan kondisi luka bayi yang tidak wajar.

"Kami kemudian menuju rumah sakit untuk melakukan penyelidikan. Saat itu, ibu bayi mengaku jika luka tersebut karena terkena pecahan keramik kamar mandi. Namun setelah kami selidiki, tidak demikian dan justru mengarah pada upaya pembunuhan," katanya.

Berbekal hasil penyelidikan, bukti petunjuk, dan olah TKP, Lisa Andini akhirnya mengaku. "Kepada polisi tersangka mengaku nekat melakukan pembunuhan karena merasa malu memiliki anak dari hubungan di luar nikah," kata Donny.

Atas kejahatan yang dilakukannya, Lisa ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 76 c jo 80 ayat 4 Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2004 tentang Perubahan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

"Karena pelaku adalah ibu kandung korban maka akan ditambah sepertiga menjadi 20 tahun penjara," ujar Donny. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vans Hadir Kembali di Indonesia dengan 3 Koleksi Premiumnya

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Sneakers menjadi bagian dari gaya hidup anak muda urban. Tidak sedikit yang berlomba mengumpulkan koleksi sepatu casual sporty yang terkenal karena kenyamanannya ini.

Kini, tak perlu bersusah payah mencari produk premium dari Vans by Vault karena sudah tersedia di Indonesia. Dope & Depper, butik streetwear dan footwear premium yang dioperasikan oleh PT Navya Retail Indonesia, meluncurkan tiga koleksi sneakers premium Vans mulai bulan ini. Butik tersebut tersebar di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

"Konsep Vault by Vans berawal pada 2003 yang tak lekang waktu dipadukan dengan sentuhan dunia mode papan atas," ujar Trias Arfa, Brand Manager Dope and Depper, belum lama ini.

Vault by Vans OG, merupakan produk premium pertama yang akhirnya masuk ke Indonesia. Sneakers ini mengusung gaya klasik Vans dari bentuk dan corak warnanya. Bahan kulit berkualitas tinggi serta in-sole yang lebih tebal dengan teknologi vulcanized rubber menghadirkan kenyamanan.

Vault by Vans x Alyx menjadi produk premium kedua yang desainnya dirancang oleh Matthew Williams, penggagas merek baju wanita Alyx di New York. Gaya santai ala California Selatan dan para skaters menginspirasi Matthew untuk membuat punggung sepatu fleksibel, bisa ditekuk ke dalam dengan mudah. Setiap pasang sneakers ini dilengkapi pola ikat tali sepatu unik dan tersedia tali cadangan dengan corak warna yang lebih berani.

Sneakers Vault by Vans x Taka Hayashi menjadi produk sneakers premium paling mahal dibandingkan dua desain sebelumnya dengan harga di atas Rp 2 juta. Desainer indie Jepang Taka Hayashi merupakan salah satu kolaborator setia Vault by Vans.

Untuk kerja sama yang ke-17, Taka mengadopsi pola dan palet warna terang seperti cokelat muda oatmeal dan putih gading yang terinspirasi oleh budaya suku Indian Amerika. Penggunaan material kulit suede menampilkan kesan premium dalam beragam desain, terutama untuk siluet desain SK8 Nomad dengan goresan tulisan Destroy di bagian depan.

Switzy Sabandar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossi Beri Isyarat Bakal Tampil di MotoGP Aragon

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Valentino Rossi memberikan isyarat untuk kembali mengaspal MotoGP Aragon pada akhir pekan ini. Pembalap Movistar Yamaha ini bahkan akan mengonfirmasi tampil atau tidaknya, Rabu (20/9/2017) waktu setempat.

"Valentino akan memutuskan pada hari Rabu, apakah dia akan berusaha untuk ambil bagian dalam Gran Grangeio Movistar de Aragon akhir pekan ini," demikian pernyataan resmi Yamaha, Selasa (19/9/2018).

Tim dokter awalnya telah menyarankan agar Rossi menjalani masa pemulihan selama 30-40 hari. Setelah 18 hari pasca mengalami insiden kecelakaan di Italia, The Doctor kembali beraksi mengendarai motor di sekitar Sirkuit Misano.

Dikatakan Rossi, ini sebagai cara untuk meningkatkan kebugaran sebelum kembali ke lintasan MotoGP. Ayahnya Graziano mengatakan bahwa Rossi telah menyelesaikan tujuh atau delapan lap dan berharap bisa mengujinya lagi pada hari ini (19/9/2017).

"Saya diberitahu bahwa Valentino merasakan banyak rasa sakit di kaki kanannya, tapi dia tidak dapat menentukan dalam beberapa putaran. Apakah kembalinya Aragon bisa dilakukan?" tanya Graziano.



Rossi harus absen di MotoGP San Marino, karena kecelakaan yang dialaminya. Akibat absen di lintasan, peluang pembalap berusia 38 tahun ini untuk jadi juara dunia 2017 tertutup. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang yang Punya Riwayat Penyakit Jantung Rentan Kena Polutan

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Polutan (zat yang menyebabkan pencemaran) yang timbul di area perkotaan, seperti Jakarta bisa menimbulkan paparan berbahaya. Polutan timbul dari asap kendaraan juga emisi industri.

Salah satu yang paling rentan terkena paparan berbahaya adalah orang yang menderita penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan efek dari kandungan polutan, yang tak hanya karbon monoksida, sulfur dioksida, atau nitrogen dioksida, tapi ada polutan, yang disebut particulate matter 2,5.

Polutan particulate matter 2,5 ini sangat berbahaya karena bisa mengandung unsur karbon monoksida, sulfur dioksida, atau nitrogen dioksida.

"Paparan dari particulate matter 2,5 ini membahayakan pembuluh darah jantung. Apalagi orang yang paling rentan terkena polutan itu orang yang punya riwayat penyakit jantung," kata  Koordinator Perkumpulan Aksi Ekologi dan Emansipasi Rakyat (AEER), Pius Ginting saat dihubungi Health Liputan6.com, Selasa (19/9/2017).

Penyumbatan pembuluh darah di jantung bisa terjadi. Kadar polutan pun tinggi seiring pencemaran udara yang semakin meningkat.

 

Simak video menarik berikut ini:

Paparan polutan terus-menerus pada manusia akan menyebabkan infeksi pernapasan. Dalam jangka waktu panjang, akan terjadi penumpukan flek pada pembuluh darah di jantung.

"Flek ini menempel di pembuluh darah pada jantung yang bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan pembuluh jantung," lanjut Pius.

Selain orang yang punya riwayat jantung, anak-anak, wanita, dan orang berusia lanjut juga rentan terkena paparan polutan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keliling Beberapa Kota, Krisdayanti Ungkap Rahasia Kecantikannya

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Diva pop Krisdayanti akan melakukan perjalanan keliling Nusantara. Bukan untuk tampil bernyanyi, perempuan yang karib disapa KD ingin menyapa fans dan penggemarnya untuk mengungkap rahasia kecantikannya saat tampil di setiap kesempatan.

Bersama Nefertiti Paris, KD memanjakan para penggemarnya dalam sebuah acara yang diberi tema Gathering with KD Lovers. Bandung dipilih menjadi kota pertama dalam rangkaian perjalanan KD keliling Nusantara.

"Dalam acara itu, saya juga akan memperkenalkan produk kecantikan yang diberi nama 17 Warna Diva Lipcream Matte," kata Krisdayanti melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Bicara kecantikan, pelantun lagu "Pilihlah Aku" tak cuma berbagi rahasia perawatan kecantikannya. Di lokasi acara, KD juga akan memeragakan sejumlah tutorial riasan wajah.

"Nanti ada beberapa acara diantaranya, Beauty Event, tutorial make up KD, dan Lipsing Ala KD," KD melanjutkan.

Setelah Bandung, KD akan menyambangi Yogyakarta, Makassar, Pekanbaru, dan Surabaya. Gathering with KD Lovers digelar sebelum Grand Launcing Nefertiti Paris Diva yang akan diadakan pada Oktober 2017 mendatang.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inilah Prosesor Smartphone Terpopuler 2017

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Bicara soal prosesor  smartphone, sudah pasti vendor menjagokan chip besutannya masing-masing. Kini ada begitu banyak prosesor besutan sejumlah perusahaan teknologi yang digunakan pada smartphone Android terpopuler.

Sebutlah Qualcomm, Samsung, Mediatek, hingga vendor smartphone itu sendiri; Xiaomi dengan Surge, Huawei dengan Kirin, Apple dengan A series, dan masih banyak lagi.

Nah, dari semua yang disebutkan, prosesor mana yang paling populer hingga kuartal kedua 2017 ini?

Berdasarkan data yang disampaikan perusahaan analis DeviceAtlas, prosesor yang paling terpopuler--setidaknya hingga sekarang, adalah prosesor besutan Qualcomm. Jika dijabarkan secara detail, prosesor 'idaman' pengguna tak lain adalah Snapdragon 410.

Jika dikaji lebih sempit ke wilayah Amerika Serikat dan Inggris, prosesor besutan Apple justru jadi pemenangnya. Sementara, prosesor besutan Qualcomm yakni Snapdragon 820 malah menduduki peringkat ke-4.

Soal kartu grafis atau GPU (Graphic Processing Unit), Adreno jadi jagoannya. Namun, di wilayah Amerika Serikat (AS) dan Inggris, GPU PowerVR besutan Imagination Technologies masih menguasai. Diketahui, PowerVR adalah GPU yang digunakan di iPhone.

Device Atlas sendiri meneliti trafik lebih dari 10.000 situs web yang sering digunakan pengguna untuk mencari data smartphone, terkait spesifikasi dan dapur pacu. Karena itu, mereka bisa menyimpulkan prosesor mana yang paling banyak dicari.

Dari data itu pun, DeviceAtlas mengklaim Android masih menjadi sistem operasi paling populer dengan pangsa pasar sekitar 60 persen. Demikian dikutip Gizmochina, Selasa (19/9/2017).

Namun demikian, data tersebut hanya diambil berdasarkan dari smartphone yang mengakses situs. Sebab, IDC justru mengklaim pangsa pasar Android yang sebenarnya masih ada di atas 80 persen. 

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Penyebab Anak Kehilangan Nafsu Makan

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Berbagai menu makanan enak yang disajikan di rumah belum tentu menjamin anak bisa makan lahap. Kendala yang sering membuat orangtua cemas adalah ketika melihat anak kesayangannya tiba-tiba kehilangan selera makan. Kalau sudah begini, siasat apa yang harus dilakukan ketika menghadapi anak yang nafsu makannya mengendur?

Menurut dokter Prapti Utami, berkurangnya nafsu makan pada anak bisa dilihat dari gejala yang mengiringinya.

"Gejala yang bisa dilihat kalau anak kurang nafsu makan adalah wajah terlihat lesu, tidak bersemangat, dan berat badannya menurun," jelas dokter yang merupakan pakar herbal ini kepada Health-Liputan6.com, Senin (18/9/2017).

Dokter Prapti menambahkan bahwa salah satu penyebab nafsu makan anak berkurang adalah kebiasaan mereka ngemil.

"Makan snack yang manis dan ber-MSG, sering kita temui dan itu jadi salah satu faktornya. Sekarang, pertanyaannya kita ubah. Meski sudah mengonsumsi makanan sehat, mengapa anak masih belum nafsu makan?" lontarnya. 

 

Simak juga video menarik berikut:

Nafsu makan anak bisa kembali tentu juga dipengaruhi oleh cara orangtua dalam menyuapi anak. Membentak anak untuk makan, tidak akan berdampak positif. Makan karena kondisi terpaksa, tentu sangat tidak nyaman.

Wanita yang akrab disapa dengan dokter Mamiek ini merinci enam penyebab anak jadi tak nafsu makan, apa saja?

1. Kondisi badan anak sedang tidak sehat, lesu, dan daya tahan tubuhnya menurun.

2. Ada gangguan pada sistem pencernaannya, misal lagi sariawan, kembung, mual sampai muntah, dan sembelit.

3. Adanya gangguan psikologis pada anak-anak tertentu, seperti stres dengan lingkungan di rumah.

4. Efek samping obat, seperti antibiotika yang kadang membuat anak malas makan karena merasa mual. 

5. Masa pemulihan setelah sakit juga berpengaruh.

6. Adanya penyakit tertentu pada anak seperti kurang gizi, anemia, tifus, dan cacingan. 

Jadi, tak ada salahnya untuk mencermati hal-hal tersebut ketika mendapati anak Anda tak nafsu makan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Biasa, Ini Tema Buku Tahunan ala Pecinta Junk Food

Posted: 18 Sep 2017 10:00 PM PDT

Mikayla Cleckler (17) menunjukkan rasa cintanya pada sebuah restoran cepat saji dengan menjadikan latar belakang pada buku tahunannya. Siswi dari Mississippi, AS ini sendiri akan lulus dari Northeast Jone High School pada 2018. 

"Aku mengirim pesan ke sepupuku dan bertanya, apakah dia mau mengambil foto untuk kelulusanku, dan dia berkata, 'kamu tahu, kita harus mengambilnya di McDonald's," kata Mikayla kepada Inside Edition.

Sepupu Mikayla, Jana Cooley kemudian mengambil foto dengan beberapa angle. Gadis bertubuh gempal itu tampak berpose dengan kentang goreng dan meminum soda di trotoar di depan restoran cepat saji tersebut.

"Mikayla adalah sepupuku dan salah satu teman baikku. Dia mengirim pesan dan bertanya, apakah saya keberatan untuk mengambil foto buku tahunannya. Dia dibesarkan dengan Buttermilk Chicken Sandwiches milik restoran cepat saji tersebut," kata Jana, dikutip dari Popsugar.

Mikayla sendiri mengatakan bahwa dia pergi ke restoran tersebut setidaknya seminggu sekali karena dia menyukai makanan mereka, terutama sandwich ayam. 

Northeast Jone High School memperbolehkan siswanya untuk memasukkan foto di buku tahunan di halaman siswa tersebut muncul. Mikayla pun berencana akan memajang foto tersebut di undangan kelulusannya nanti.

"Kami hanya meinginkan sesuatu yang berbeda dari orang lainnya, sesuatu untuk dilihat kembali dan ditertawakan. Teman-temanku menganggap foto itu lucu, termasuk diriku," lanjut Mikayla.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ide Speaker Berpuisi di Simpang Jalan Bandung

Posted: 18 Sep 2017 09:57 PM PDT

Kreatifitas memang tidak pernah hilang dari kota Bandung. Untuk menemani pengendara jalan yang mengantri lampu merah, sebuah persimpangan jalan di Bandung dilengkapi dengan suara seseorang membaca puisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Lepas 22 Orang Terkait Rusuh Demo YLBHI

Posted: 18 Sep 2017 09:53 PM PDT

Polres Metro Jakarta Pusat melepaskan 22 orang yang sempat ditahan terkait aksi demo berujung rusuh di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

"Hari ini, saudara kita yang 22 orang itu dikembalikan ke rumah masing-masing," ujar Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Asep Guntur Rahayu saat dikonfirmasi, Selasa (19/9/2017).

Asep mengklaim, penyidik telah mendapatkan keterangan yang cukup dari 22 peserta demo penolakan kegiatan seni bertajuk 'Asik Asik Aksi, Indonesia Darurat Demokrasi' di Kantor YLBHI ini.

Belum ditemukan unsur pidana dari para saksi terkait aksi demo berujung ricuh itu. Kendati, polisi tidak menutup kemungkinan bakal memanggil mereka kembali jika perlu dimintai keterangan lagi.

"Kalau ada unsur pidana, baru dimintai keterangan kembali," ujar Asep.

Sebelumnya, polisi menahan 37 orang yang diduga sebagai provokator penyerangan di kantor YLBHI. 22 Orang diperiksa di Mapolres Metro Jakarta Pusat. Sementara 15 orang lainnya ditahan Mapolda Metro Jaya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

5 orang polisi luka-luka, sejumlah kendaraan petugas dan 3 pos polisi rusak akibat peristiwa penyerangan tersebut.

Sedangkan kantor YLBHI rusak, sejumlah kaca pecah, dan pagar kantor rusak lantaran didorong massa.

Massa diduga terpengaruh berita bohong atau hoax dari media sosial, bahwa seminar di YLBHI berkaitan dengan upaya kebangkitan PKI. Menurut keterangan polisi, 68 peserta kegiatan terkepung di dalam gedung oleh sekitar 2.000 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hamil, Rinni Wulandari Terserang Penyakit Radial Tenosynovitis

Posted: 18 Sep 2017 09:51 PM PDT

Rinni Wulandari tengah berbahagia, lantaran dirinya akan segera menjadi seorang ibu. Ya, Rinni sedang mengandung buah cintanya dengan Jevin Julian, yang kini berusia empat bulan.

Di tengah kebahagiaannya, Rinni Wulandari pun bersedih karena saat ini dirinya terserang penyakit radial tenosynovitis. Ini merupakan penyakit hormon karena hamil.

 Soundwave beranggotakan Jevin Julian dan Rinni Wulandari (Instagram)

Rinni Wulandari kesulitan untuk menggerakkan jempol tangannya. "Aku sudah seminggu ini jempolnya sakit. Tadi di cek enggak bisa digerakkan. Kata dokternya itu hormon," ungkap Rinni dalam akun Instagram Story, Senin (18/9/2017).

Untungnya, penyakit yang diderita Rinni Wulandari ini tak akan berlangsung lama. Dokter menjelaskan, usai melahirkan dirinya akan kembali normal.

"Jadi ada dua urat yang ketarik, tapi kalau sudah tidak hamil balik normal lagi," lanjutnya.

 Bulu Ketiak Terlihat, Rini Wulandari Disindir Netizen

Dalam Instagram Story Rinni Wulandari juga menjelaskan dirinya tak bisa diberi obat sehingga dirinya harus memakai alat. "Alat itu berguna untuk mengurangi gerak jempol," tutup penyanyi jebolan ajang pencarian bakat tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua MPR Minta Pemerintah Jamin Harga Garam

Posted: 18 Sep 2017 09:50 PM PDT

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Zulkifli Hasan mendesak pemerintah agar menjamin harga garam agar petani tidak selalu merugi. Selama ini harga garam tidak konsisten dan cenderung murah hingga membuat para petani mengeluh dan mengalami kerugian, padahal garam tersebut menjadi harapan besar untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan menjanjikan.

Zulkifli menjelaskan, berdasarkan hasil serap aspirasi dengan petani garam, selama ini sering terjadi harga garam melambung ketika petani masih proses produksi, namun ketika sudah musim panen harga anjlok selalu anjlok.

Akibatnya tak jarang petani mengalami kerugian, sehingga harga harga garam yang menguntung jarang dirasakan sepenuhnya oleh petani.

"Saat petani sudah mulai panen, harga garam justru turun. Nah, ini yang perlu dicarikan jalan keluarnya. Agar produksi garam rakyat betul-betul memberikan manfaat," katanya, seperti ditulis, Selasa (19/9/2017).

Oleh karena itu, pemerintah harus punya perhitungan matang saat akan melakukan impor dan jangan sampai merugikan terhadap petani, karena jika impor garam dilakukan pada saat petani hendak panen raya, jelas akan berdampak akan rendahnya harga garam tersebut. Maka apabila harga garam sudah anjlok, petani tidak akan bisa mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan.

"Makanya hal-hal seperti ini harus ditata dan diatur dengan jelas. Pemerintah harus berpihak kepada petani garam. Intinya harus ada keberpihakan dan harganya dijamin," ucapnya.

Biasanya ketika musim panen raya harga garam kian merosot, apalagi ditambah dengan adanya garam impor jelas akan semakin membuat harga garam rakyat semakin rendah. Sehingga keinginan para petani untuk mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan akan sirna, padahal musim garam menjadi harapan mereka mendapatkan penghasilan besar agar dapat memenuhi kebutuhan hidup bersama keluarganya.

Harga garam beberapa waktu lalu memang sempat membuat petani tersenyum, namun hal itu tidak berlangsung lama. Adanya garam impor yang masuk berpengaruh besar terhadap harga garam, perlahan-lahan harga garam terus turun, dari semula Rp.3.400.000 – Rp.3.700.000 per ton, kini menjadi Rp.1.200.000 per ton.

"Kami hanya bisa berharap kepada pemerintah agar memperhatikan nasib petani garam, sehingga kedepan kesejahteraan petani garam semakin baik dan tidak selalu mengalami kerugian," kata salah seorang petani garam di Kabupaten Sumenep, Syamsuri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Pemerintah tengah menyiapkan sejumlah rencana untuk meningkatkan produksi serta kualitas garam nasional. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengupayakan perbaikan dari sisi petani garam.

"Pesan Presiden, selain kita meningkatkan produksi dan kualitas garam para petani garam ini harus naik peringkatnya," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di awal bulan ini.

Luhut mengatakan, pemerintah akan membantu menyiapkan prasarana untuk pengolahan garam tersebut. Dengan begitu, kualitas garam yang dihasilkan baik.

"Pemerintah seperti diatur oleh undang-undang punya kewajiban untuk menyiapkan, membantu infrastruktur untuk garam. Pemerintah akan menyiapkan air tua secara gratis dengan kualitas baik dengan kadar NaCl di atas 97 persen. Dengan begitu biaya produksi bisa ditekan dan hasilnya bisa maksimal, "jelasnya. Air tua adalah sari air laut yang akan diolah menjadi kristal atau butiran garam.

Dalam kunjungannya ke tempat produksi garam di PT Garam, Desa Kalianget, Semenep beberapa waktu lalu, Luhut meminta supaya dibentuk sebuah koperasi yang menaungi para petani garam. Langkah ini dianggap dapat menurunkan biaya produksi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Dia Ungkapan Hati Pendonor Ginjal Selena Gomez

Posted: 18 Sep 2017 09:50 PM PDT

Setelah mendonorkan ginjalnya kepada Selena Gomez, Francia Raisa kini angkat bicara.

Ia bercerita soal kebahagiaannya bisa berdonor kepada sahabatnya sendiri, yang sedang berjuang melawan penyakit ganas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Sambangi Napoli, Feyenoord Tanpa Suporter

Posted: 18 Sep 2017 09:45 PM PDT

Feyenoord tidak akan didampingi suporternya saat bertandang ke markas Napoli pada penyisihan Liga Champions, 26 September 2017. Tim asal Belanda itu mengumumkan, pemerintah Naples melarang kehadiran suporter tim tamu pada pertandingan tersebut. 

Kedua tim bertemu pada penyisihan Grup F. Namun, seperti dilansir Soccerway, pihak penyelenggara, dalam hal ini panpel tuan rumah, tidak mengeluarkan tiket bagi pendukung tim tamu. Dalam pernyataan resminya, pemerintah Provinsi Naples menyatakan kalau keputusan ini terpaksa diambil demi mencegah keributan.

Kekhawatiran muncul setelah suporter Feyenoord terlibat bentrok dengan AS Roma pada Europa League 2015. Kericuhan ini tidak hanya membuat suasana mencekam di lokasi kejadian, tapi kerusakan permanen pada monumen Barcaccia yang berusia 500 tahun. Akibat bentrok tersebut, kerugian ditaksir mencapai hingga 1 juta euro.  

""Hari ini (Senin), Feyenoord menerima salinan dokumen yang dilayangkan pemerintah Prefektur Naples kepada SSC Napoli," tulis Feyenoord.

"Telah dipastikan bahwa tidak ada pendukung Belanda yang diizinkan masuk ke Stadio San Paolo untuk menyaksikan duel SSC Napoli dan Feyenoord, Selasa 26 September 2017."

Keputusan ini tentu saja merugikan bagi Feyenoord. Sebab, pasukan Giovanni van Bronckhorst tidak akan mendapat dukungan saat bertanding di markas lawan. 

"Menanggapi keputusan pemerintah Italia, maka klub tidak akan mengadakan perjalanan. Tim tidak akan didampingi oleh siapa pun selain tim ofisial saja," tulis Feyeenord. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek 4 Hal Penyebab Motor Mogok Tiba-Tiba

Posted: 18 Sep 2017 09:43 PM PDT

Salah satu yang dikhawatirkan para pengendara sepeda motor yaitu mogok. Tentu saja, mogok secara tiba-tiba tanpa sebab akan menjengkelkan terlebih tidak tahu apa sumber masalahnya.

Namun menurut Kepala Bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Daya Motor Cibinong, Asep Suherman, jika sepeda motor Anda mogok, maka hal yang paling penting adalah tak perlu panik.

"Biasanya ada empat hal yang perlu dilakukan pengecekan. Pertama, cek bagian bahan bakar. Sebab, orang kerap panik, padahal setelah dicek bahan bakar habis atau kosong. Itu karena jarum di odometer mati," ucap Herman kepada Liputan6.com di bengkel AHASS Daya Motor Cibinong di Jl Raya Bogor, Nanggewer, Cibinong, Senin (18/9/2017).

Pengecekan kedua, kata Herman, bisa dilihat dari jalur suplai bahan bakar. Sebab, tidak menutup kemungkinan aliran bahan bakar bisa tersumbat, apakah karena kualitas bahan bakar atau kotoran dari karat.

Ketiga cek bagian kabel busi. Kabel busi berfungsi menghantarkan aliran listrik dari koil ke busi agar diubah menjadi bunga api oleh busi. Kabel busi yang baik tentu akan mengeluarkan listirk.

Yang terakhir atau keempat, pengecekan bisa dilakukan pada bagian busi itu sendiri.

Hal yang paling sering terjadi pada bagian busi adalah salah seting bahan bakar. Ini biasanya (terjadi pada motor karburator) terjadi dalam kondisi karburator menjadi banjir yang mengakibatkan ruang mesin terlalu banyak bensin sehingga menjadi lembap dan cepat kotor.

Busi yang kotor dapat mengakibatkan korsleting dan membuatnya cepat mati. Namun tidak menutup kemungkinan, busi menjadi rusak karena pemasangan busi yang kurang tepat ataupun longgar.

"Busi itu standarnya bisa dipakai per 6 ribu kilometer atau delapan bulan. Tetapi busi juga tidak bisa diprediksi, karena ada juga yang baru lima bulan pakai mati," ujarnya.

Jika Anda orang awam dalam hal otomotif, Herman menyarankan tidak perlu repot gegabah membongkar bagian mesin. Sebab, keempat hal itu kerap menjadi akar masalah sepeda motor mogok tiba-tiba.

"Jika memang semuanya lengkap dan tidak bisa dilakukan perbaikan, ada baiknya langkah terakhir bawa saja ke bengkel terdekat," tutupnya.

Busi motor

Salah satu penyebab sepeda motor tiba-tiba mogok adalah air merembes di busi. Hal ini karena air merembes ke dalam cangklong busi. Ini juga tanda bahwa cangklong busi motor tidak benar-benar rapat.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi masalah ini. Pada dasarnya caranya adalah dengan memastikan bahwa cangklong busi, atau yang juga disebut "cop", tertutup rapat sehingga tidak memungkinkan air masuk.

"Pilih cop yang karet pelindung body busi dan sambungan ke kabel koilnya tertutup rapat. Ada produk aftermarket-nya, atau bisa juga pakai punya motor lain," ujar Eko Safitrianto, mekanik Clinic Motor, Jakarta Selatan kepada Liputan6.com.

Khusus untuk motor bebek, Eko mengatakan bahwa cop standar bisa diganti dengan punya Yamaha Mio atau Honda Beat. Sebab menurutnya, cop busi dari skutik populer itu cukup baik. Harganya berkisar antara Rp 40 ribu sampai Rp 45 ribu.

Selain mengganti dengan cop lain, cara selanjutnya adalah memodifikasi sedikit cop standar. Untuk memastikan bagian itu kedap air, maka dapat dilakukan dengan cara menutup sambungan antara kabel dan kelapa busi dengan isolasi dan kabel tis (cable ties).

Sambungan inilah yang kerap jadi tempat air merembes. Dengan cara ini, motor tidak mudah mogok meski melintasi banjir sekalipun, apalagi modalnya sama sekali tidak mahal, mungkin tidak lebih dari Rp 10 ribu saja.

"Bisa juga busi standar, diikat sambungannya pakai kabel tis. Itu bikin busi lebih kuat, lebih rapat," tutup Eko.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Beli Kuda, Irfan Hakim Dapat Uang dari Anak-Anaknya

Posted: 18 Sep 2017 09:40 PM PDT

Ayah mana pun tentu akan senang saat melihat anaknya bahagia. Tak terkecuali presenter Irfan Hakim. Belakangan, suami Della Sabrina Indah Putri itu memperlihatkan sebuah momen menyentuh yang mungkin jarang dialami oleh sebagian besar orangtua.

Melalui Instagram @irfanhakim75, Senin (18/9/2017), tampak Irfan Hakim mengungkapkan rencananya untuk membeli kuda dan sepatu roda bagi anak-anaknya. Namun, ia malah dikirimi uang oleh ketiga putrinya itu.

Surat dari anak-anak Irfan Hakim. (Instagram - @irfanhakim75)

"Speechless.... ketika ada rencana beli kuda buat anak2 berlatih, dan juga beli sepatu roda buat hobby mereka yang baru, dikirimlah surat dari anak2 untuk ayah nya...," ujar Irfan Hakim dalam keterangan fotonya.

Surat dari anak-anak Irfan Hakim. (Instagram - @irfanhakim75)

Irfan Hakim pun mengutip ulang surat yang ditulis oleh ketiga orang anaknya. "Ayah ini ada sedikit uang tabungan kami bertiga. ini ide kami bertiga. kita mau bantuin ayah. from: Aisha-Rakana-Raina. for : Ayah tercinta," tulisnya.

 

Irfan Hakim bersama ketiga putrinya (Foto: Instagram)

Dalam fotonya, terlihat selembar uang Rp 100 ribu, serta beberapa lembar Rp 50 ribu dan 10 ribu. Tak hanya satu halaman, Irfan menjadikan unggahan fotonya hingga lima halaman. Di halaman kedua, terdapat foto tulisan dari anak-anaknya, "Surat untuk ayah dari Rakana dan Raina."

Di halaman ketiga, Irfan membeberkan isi suratnya, "I love you ayah. Rakana dan Raina sayang sekali sama ayah. Karena ayah sudah membelikan sepatu roda. Ayah juga sudah baik dengan Rakana dan Raina."

Surat dari anak-anak Irfan Hakim. (Instagram - @irfanhakim75)

Pada halaman empat, terdapat tulisan "I love you Ayah." Lalu di halaman terakhir, anak-anak tersebut menulis, "Love Ayah. Rakana and Raina."

Unggahan tersebut, membuat beberapa warganet meluapkan rasa haru. "Terharuuu bngttt,,,, ya allah anak nya ka @irfanhakim75 sholeha" bngt," tulis @jully_0107. "Sedih bacanya anaknya baik bgt @irfanhakim75," ujar @uyhafajar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bongkar Makam Hilarius Christian

Posted: 18 Sep 2017 09:38 PM PDT

Tim Forensik Polda Jabar dan Inafis Polresta Bogor Kota membongkar makam Hilarius Christian Event Raharjo, yang tewas karena mengalami kekerasan fisik dalam tradisi bom-boman ala gladiator pada Januari 2016 lalu.

Hila. sapaan akrab Hilarius, dimakamkan di TPU Perumda, Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Polisi membongkar makam Hila untuk mencari sejumlah bukti dan fakta yang mengakibatkan nyawanya melayang.

Pembongkaran makam yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (19/9/2017), dipimpin langsung Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna dan dihadiri oleh keluarga korban.

Garis polisi membentang dengan jarak sekitar 30-40 meter mengelilingi makam Hila.

Dari informasi yang didapat Liputan6.com, autopsi akan dilakukan di lokasi pemakaman. Bila tak memungkinkan, jasad Hila akan dibawa ke Rumah Sakit RS Bhayangkara.

Suasana TPU Perumda tampak lengang di bawah teriknya matahari. Hanya beberapa orang di luar keluarga dan petugas yang berada di sekitar tempat pemakaman.

Hingga pukul 11.00, pembongkaran masih berlangsung.

Saksikan video di bawah ini:

 

Siswa SMA Budi Mulia Kota Bogor, Hilarius Christian Event Raharjo, tewas diduga lantaran mengalami kekerasan fisik dalam tradisi Bom-boman.

Anak pasangan Maria Agnes dengan Raharjo ini tewas setelah bertarung satu lawan satu dengan pelajar sekolah lain dan disaksikan oleh puluhan pelajar lainnya di Lapangan Palupuh, belakang SMAN 7 Kota Bogor.

Pertarungan ala gladiator atau bom-boman ini adalah sebuah tradisi dalam menghadapi even besar, kompetisi liga bola basket (DBL) antar pelajar.

Kasus tersebut sebenarnya terjadi pada Januari 2016. Namun pada waktu itu, kasusnya telah diselesaikan secara kekeluargaan karena keluarga pun menolak jenazah korban diautopsi. Sementara para pelaku di-drop out (DO) dari sekolah.

Namun kasus ini kembali mencuat setelah ibu korban mengunggah kasus kematian anaknya melalui sebuah akun Facebook dan ditujukan kepada Presiden Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korea Utara Hadir di Sidang Umum PBB

Posted: 18 Sep 2017 09:37 PM PDT

Korea Utara mengutus Menteri Luar Negerinya untuk datang ke Sidang Umum PBB di New York. 

Disisi lain Amerika Serikat meminta China untuk membujuk Korea Utara menghentikan proyek nuklir dan rudal balistiknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasutri Tertangkap Simpan Ribuan Butir Obat PCC

Posted: 18 Sep 2017 09:32 PM PDT

Sulpiani alias Ani (33) ditangkap bersama suaminya, Sandi alias Andi (34). Warga Jalan Urip Sumoharjo Lorong 1A No. 3 Tamajenne, Kel. Karuwisi Utara, Kec. Panakukang, Makassar tersebut tak bisa mengelak saat tim macan Satuan Reserse Narkoba ribuan obat sejenis PCC yang tersimpan di rumahnya saat digeledah.

Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, AKBP Diari Estetika, mengatakan pasutri beserta barang bukti terdiri dari 130 butir jenis PCC Somadril Compositum, 1297 butir, PCC Tramadol, 756 butir PCC Trihexyphenidyl 2 mg dan 722 butir PCC Heximer telah diamankan untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

"Kita terus akan menelusuri asal mula ribuan obat jenis PCC yang dijual pelaku tersebut," katanya, Selasa (19/9/2017).

Kedua pelaku yang merupakan suami istri mengaku menjual obat PCC karena mudah dijual dengan harga yang murah. Kebanyakan pemesannya dari kalangan remaja.

"Hasilnya, menurut pelaku, buat makan dan belanja belanja kebutuhan sehari-hari. Ya, untuk tambahan asap dapur, begitu," kata Diari.

Sementara itu, jajaran Polres Brebes menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat dan Bimbingan Masyarakat (Binmas) untuk mengantisipasi beredarnya obat-obatan berbahaya yang beredar luas di masyarakat, khususnya obat PCC.

"Sejauh ini belum ditemukan obat PCC di Kabupaten Brebes," kata Kasat Narkoba Polres Brebes AKP Eko Sugeng, Senin, 18 September 2017.

Eko mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah berkordinasi dengan Polsek se Kabupaten Brebes dalam mengantisipasi peredaran obat PCC. Salah satu upayanya adalah mengecek beberapa apotek yang ada di Kabupaten Brebes.

"Kita juga bekerja sama dengan Dinkes setempat yang dalam hal ini menaungi peredaran obat di apotek," katanya.

Meski demikian, Eko mengaku selama pengecekan ke sejumlah apotek, belum menemukan PCC. Kendati begitu, pihaknya tetap akan mengecek sejumlah apotek dengan menggandeng instansi terkait dan Kasat Binmas Polres Brebes.

"Belum. Sejuah ini kita (Polres Brebes) belum menemukan obat PCC yang seperti ditemukan di Kendari," kata dia.

Seperti diketahui, obat jenis PCC adalah sejenis paracetamol, caffeine dan carisoprodol, yang mencuat karena kasus 42 orang masuk rumah sakit dan satu meningal di Kendari, Sulawesi Tengara (Sulteng).

Mereka masuk rumah sakit karena penyalahgunaan PCC yang efeknya mirip dengan narkoba jenis Flakka, yakni halusinasi hingga gangguan kejiwaan. Karenanya, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat, warga Brebes khususnya, untuk tidak membeli obat-obatan yang tidak dianjurkan oleh dokter.

Untuk itu, dia juga meminta kepada Dinkes untuk terus memantau dalam peredaran obat di apotek yang ada di Kabupaten Brebes. Pihaknya juga berencana akan menyosialisasikan bahaya obat PCC di lingkungan sekolah agar para siswa paham.

"Tidak hanya di lingkungan sekolah, kita jug akan menyosialisasikan ke masyarakat luas," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: 500 Domba Gunung Turun ke Jalan Jadi Tontonan Turis

Posted: 18 Sep 2017 09:31 PM PDT

Sekitar 500 domba gunung melintas di jalan Mittenwald saat dibawa menuju ke sebuah lembah di Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Sekitar 500 domba gunung melintas di jalan Mittenwald saat dibawa menuju ke sebuah lembah di Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Sekitar 500 domba gunung melintas di jalan Mittenwald saat dibawa menuju ke sebuah lembah di Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Sekitar 500 domba gunung melintas di jalan Mittenwald saat dibawa menuju ke sebuah lembah di Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Penggembala membawa domba gunung mereka ke lembah padang rumput saat acara penggalangan domba tradisional di Mittenwald, Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Penggembala membawa domba gunung mereka ke lembah padang rumput saat acara penggalangan domba tradisional di Mittenwald, Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Penggembala membawa domba gunung mereka ke lembah padang rumput saat acara penggalangan domba tradisional di Mittenwald, Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

Penggembala membawa domba gunung mereka ke lembah padang rumput saat acara penggalangan domba tradisional di Mittenwald, Jerman Selatan (9/9). (AFP Photo/dpa/Angelika Warmuth)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 2017, Ancaman dari Papan Tengah

Posted: 18 Sep 2017 09:30 PM PDT

Klub-klub yang mengisi papan atas klasemen Liga 1 2017 mesti waspada ancaman dari papan tengah. Sebab, keunggulan mereka tidak jauh berbeda dari klub-klub yang menempati peringkat keenam hingga ke-10 klasemen Liga 1 2017.

Bhayangkara FC masih memuncaki klasemen sementara Liga 1 2017 dengan mengoleksi 49 poin dari 24 laga. Bali United di posisi kedua dengan 48 poin. Posisi ketiga dan keempat ditempati PSM Makassar dan Persipura Jayapura, yang sama-sama mengumpulkan 45 poin.

Pemilik peringkat kelima, Madura United telah menghasilkan 42 poin. Artinya, antara peringkat kelima dan pertama di klasemen sementara Liga 1 hanya terpaut tujuh poin.

Di papan tengah, Persija Jakarta sudah mendulang 39 poin dan menduduki posisi keenam. Arema FC tepat di bawah Persija dengan 37 poin dari 24 pertandingan.

Selain itu, terdapat dua klub asal Pulau Kalimantan di peringkat kedelapan dan kesembilan dengan sama-sama mengoleksi 34 poin. Persib Bandung tepat di urutan kesepuluh dan mengumpulkan 33 poin.

Perbedaan poin Persija dengan Bhayangkara mencapai 10 poin. Namun, masih ada 10 pertandingan tersisa di Liga 1 musim ini sehingga segalanya masih bisa terjadi.

Klasemen sementara Liga 1 2017 hingga pekan ke-24 (19/9/2017):

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terry Fatiah Kaget Bangun Tidur Ada Pria di Sampingnya

Posted: 18 Sep 2017 09:30 PM PDT

Sejak memutuskan berhijab 2016 lalu, Terry Fatiah pun seolah menghilang dari dunia tarik suara yang membesarkan namanya. Dan kini, dirinya kembali hadir di belantika musik Tanah Air.

Selain memperkenalkan single barunya yang bertajuk "Di Persimpangan Dilema", pemilik nama asli Terryana Fatiah Shahab ini mengaku bahwa dirinya baru saja menikah.

Terry Fatiah masih tak percaya dirinya telah menikah (Foto: Instagram)

Dalam akun Instagram Story, Terry pun mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendoakan dirinya. "Terima kasih semuanya atas ucapan doanya, yang belum percaya iya Terry alhamdulillah sudah menikah."

Sebagai pengantin baru, Terry pun mengaku masih kaget dengan kehadiran sang pria berjanggut ini di tempat tidurnya. Ia masih tak percaya bahwa semuanya ini nyata.

"Bangun tidur tiba-tiba ada yang brewok di sebelah saya. Ihh kaget, ternyata saya sudah menikah. Apakah ini mimpi sayang?" tanya Terry.

Terry Fatiah bahagia bersanding dengan pria berjanggut ini (Foto: Instagram)

"Ini nyata," jawab suaminya sambil tersenyum ke arah kamera. Sementara, tak terlihat wajah Terry, hanya tangannya mengelus pipi pria yang mengenakan kopiah putih tersebut.

Dalam akun Instagram gosip, terlihat Terry mengenakan gaun lebar dan mahkota di kepalanya layaknya seorang putri. Sementara sang suami memakai jas abu-abu, keduanya tersenyum bahagia. Selamat ya Terry!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Guntingan Uang Senilai Rp 1,5 Miliar di Kloset

Posted: 18 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pihak berwenang melaporkan telah menemukan puluhan ribu uang euro yang dibuang ke dalam sebuah toilet di Jenewa. Jaksa Swiss kemudian melakukan penyelidikan terkait misteri temuan tersebut.

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (19/9/2017), uang kertas pecahan 500 euro yang dipotong itu ditemukan di toilet cabang Bank UBS dan di tiga restoran terdekat.

Ribuan uang euro itu dilaporkan mengakibatkan tersumbatnya pipa ledeng. Sebab dibutuhkan pembongkaran di sekitarnya, untuk mengeluarkan 'sampah' misterius tersebut.

Menurut ABC.net.au, jumlahnya diperkirakan lebih dari 100.000 euro atau berkisar Rp 1,5 miliar.

Kabarnya uang kertas euro bernilai tinggi itu akan ditarik dari peredaran pada 2018, karena khawatir digunakan dalam kegiatan ilegal seperti pencucian uang dan penyelundupan.

Bank Sentral Eropa akan berhenti memproduksinya, menyusul penyelidikan Komisi Eropa terkait penggunaan ilegal.

Menghancurkan uang kertas bukanlah pelanggaran di Swiss, namun jaksa setempat hendak memastikan asal-muasal temuan di tempat tak biasa itu.

"Kami mencoba untuk mencari tahu dari mana catatan itu berasal dan apakah sebuah kejahatan telah dilakukan," Vincent Derouand dari kantor kejaksaan Jenewa mengatakan kepada BBC.

"Jelas ini sangat mengejutkan," katanya.

Menghancurkan uang kertas juga bukan kejahatan di Swiss, tapi jaksa Swiss tergelitik. "Pasti ada sesuatu di balik cerita ini," ujar juru bicara kantor jaksa Jenewa Henri Della Casa. "Karena itulah kami memulai penyelidikan."

Sejatinya potongan uang itu ditemukan beberapa bulan yang lalu, namun baru dipublikasikan baru-baru ini oleh pihak berwenang Jenewa.

 

Sebelumnya, temuan uang yang bikin geger pernah terjadi di Australia.

Bak mendapatkan rezeki nomplok, seorang pria secara tak sengaja menemukan uang ribuan dolar dari dalam sebuah laci yang jatuh dari lemari pasar loak dewan kota Queensland selatan.

Melansir ABC.net.au yang dikutip 15 Juli 2017, kini kepolisian setempat tengah meminta bantuan publik untuk menemukan pemilik lemari televisi bertuliskan 'everyday country' tersebut.

Menurut keterangan polisi, pria asal wilayah Nanango tersebut membeli lemari kayu di Pasar Loak Hervey Bay yang terletak di Jalan Chapel Road dan Aarlborg Road, North Nikenbah, Queensland, pada 27 Juni.

Ketika ia memasukkan lemari tersebut ke dalam rumah, salah satu lacinya terbuka dan tumpukan uang tunai itu pun berjatuhan.

Pria itu kemudian membawa tumpukan uang tersebut ke Kantor Polisi Nanango. Ia menyerahkan temuan berharga itu kepada petugas.

Dalam sebuah postingan Facebook yang diunggah Dewan Kota Fraser Coast, disebutkan bahwa jumlah uang yang ditemukan mencapai puluhan ribu dolar. Namun total keseluruhannya tak dirinci.

Petugas kepolisian Nanango, Kenneth O'Connor mengatakan bahwa polisi sangat ingin mengembalikan uang itu kepada pemiliknya.

"Kami rasa uang itu besar kemungkinan berasal dari wilayah dewan kota tersebut," tutur O'Connor.

"Tapi bisa saja berasal dari truk yang keluar dan mengambil barang-barang dari sebuah keluarga, atau bisa saja lemari itu memang dikirim ke pusat daur ulang."

Warga Australia yang mungkin mempunyai informasi mengenai sang pemilik lemari pun kini diminta untuk menghubungi layanan telepon Crime Stoppers. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Rayakan Ulang Tahun ke-100 Amalia Hernandez, Siapa Dia?

Posted: 18 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pengguna internet pasti sudah melihat tampilan laman pencarian Google, Selasa (19/9/2017). Ya, hari ini tampilan Google Doodle tampak semarak dengan beberapa penari yang mengenakan pakaian berwarna warni. Ada perayaan apa?

Rupanya Google turut merayakan ulang tahun ke-100 Amalia Hernandez. Siapa dia? Mengutip The Independent, Hernandez adalah seorang duta untuk kebudayaan Meksiko.

Perempuan kelahiran 19 September 1917 ini juga merupakan seorang penari dan koreografer tarian. Pada masa mudanya, Hernandez sangat menyukai seni dan tarian. Ia juga sempat mengajar tarian modern di Institut Seni Rupa. Seiring perjalanan hidupnya, ia mulai fokus ke tarian tradisional Meksiko.

Kemudian, Amalia Hernandez menggabungkan tarian-tarian tradisional Meksiko dengan gerakan koreografer serta menciptakan gaya tarian yang baru yang dikenal sebagai baile folkrorico.

Pada 1952, dia membentuk Ballet Folkrorico de Mexico dan menggunakannya untuk membagikan budaya Meksiko kepada dunia. Pertunjukkan tari ini dimulai hanya dengan delapan penari, tetapi seiring berjalannya waktu sudah ada lebih dari 300 penari yang bergabung.

Dua tahun setelah dibentuk, petunjukan ini tampil di televisi, dilanjutkan dengan tayangan mingguan. Kesuksesan tersebut juga memungkinkan Amalia Hernandez dan para penari melakukan tur ke Amerika Utara dan mewakili Meksiko dalam Pan American Games di 1959.

Potret Amalia Hernandez, wanita yang ada di Google Doodle, 19 September 2017 (Sumber: The Independent)

Hebatnya, Ballet Folkrorico de Mexico masih melakukan pertunjukan hingga hari ini. Hernandez tetap terlibat di pertunjukkan ini hingga meninggal dunia pada 2000. Pertunjukan ini kemudian diasuh oleh anak perempuan dan cucunya.

Atas pengabdian dan pencapaiannya dalam melestarikan kebudayaan, khususnya tarian tradisional Meksiko, Hernandez diingat sebagai duta kebudayaan Meksiko dan Google pun turut merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Perlawanan Mafia di Balik Kasus PCC di Kendari

Posted: 18 Sep 2017 09:30 PM PDT

Berdasarkan temuan di lapangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI melihat ada kesengajaan di balik 'serangan' tablet PCC. Hasil analisis dari temuan data yang ada BPOM melihat ada perlawanan mafia kejahatan sehingga puluhan anak muda menjadi korban PCC di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

"Kalau memang muncul dalam bentuk yang masif seperti ini, saya kira itu adalah bentuk dari perlawanan siapa pun ini, mafia, pihak manapun. Kelompok mafia kejahatan yang terkait dengan peredaran obat terlarang dan penyalahgunaan obat-obat tertentu," tutur Kepala BPOM RI, Penny Lukito. 

Hasil uji laboratorium Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI terhadap sampel PCC yang ditenggak korban mengandung Parasetamol, Cafein, dan Carisoprodol -- yang terakhir merupakan zat aktif yang dilarang peredarannya di Indonesia sejak 2013.

Tak cuma itu, sampel PCC lain ditemukan kandungan senyawa aktif Tramadol dan Triheksifenidil yang membuat efek pada korban jadi lebih dahysat. "Dua itu memiliki efek terhadap saluran saraf yang membuat ketidaksadaran dan halusinasi," kata Kepala BPOM RI, Penny Lukito di kantornya pada Senin (18/9/2017).

Selain kombinasi yang berbeda-beda dalam sampel PCC, BPOM menemukan keganjilan lain. Hasil wawancara BPOM dengan korban yang sebagian besar usia belasan tahun ini, mereka bukan pemakai PCC, ada juga diberi oleh seseorang secara cuma-cuma.

"Para korban diiming-imingi kuat belajar, biar pintar. Atau (iming-iming) penguat untuk siapapun kepada pihak yang butuh. Ini adalah pengelabuan, upaya perusakan pada bangsa ini," tegas Penny.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Dalam lima bulan terakhir, BPOM gencar melakukan pengawasan dan penegakan hukum dalam penyalahgunaan obat-obat tertentu maupun peredaran obat ilegal. Lewat Balai Besar POM di beberapa propinsi gencar melakukan operasi tepadu pemberantasan obat-obat tertentu. 

Lalu, pada Operasi Gabungan Nasional pada 5-6 September 2017yang berhasil menemukan 12 juta butir obat ilegal yang sering disalahgunakan. Diantaranya Carnophen, Trihexyphenidyl (THP), Tramadol, dan Seledryl dengan nilai keekonomian mencapai 43,6 miliar rupiah di Banjarmasin.

"Kami menganalisis ini ('serangan' PCC) adalah bentuk perlawanan mereka, kita tidak bisa tinggal diam. Saya mengimbau kepada semua pihak terutama orangtua untuk berhati-hati," pesannya.

Salah satu aksi BPOM dalam melawan penyalahgunaan obat yakni lewat Aksi Nasional Pemberantasan Penyalahgunaan Obat akan dicanangkan pada 4 Oktober 2017. Aksi ini akan dicanangkan bersama Kemenkes, Kemendagri, POLRI, BNN, dan Kejaksaan Agung.

Selain itu, juga dilakukan Pembangunan Barcode 2D untuk penelusuran Track and Trace obat legal dan ilegal serta monitoring produksi industri farmasi, dan sarana pelayanan seperti apotek, rumah sakit, puskesmas dan klinik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Ingatkan Bank soal Masih Rendahnya Penyaluran Kredit

Posted: 18 Sep 2017 09:29 PM PDT

Bank Indonesia (BI) memperingatkan kepada industri perbankan untuk meningkatkan penyaluran kreditnya. Hingga kini, kinerja kredit perbankan tersebut dianggap belum memuaskan.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menegaskan rendahnya penyaluran kredit ini sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Sampai sekarang memang ekonomi Indonesia cukup baik dan peran perbankan itu juga semakin kuat. Tapi bukan berarti ada berbagai risiko yang harus diwaspadai. Salah satunya pertumbuhan kredit perbankan yang masih rendah," kata Agus di Indonesia Bankinh Expo di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Agus mengakui, sampai saat ini masih ada tahapan konsolidasi di berbagai sektor, mulai dari perbankan itu sendiri, perusahaan sebagai penerima kredit dan juga masyarakat yang daya belinya belum terlalu menggembirakan.

Oleh karena itu, BI mendorong perbankan untuk lebih efisien supaya bisa menurunkan biaya operasi di masing-masing perusahaan. Dengan begitu secara pelahan, akan menurunkan bunga dan otomatis penyaluran kredit akan semakin meningkat.

"Pada kuartal terakhir, pertumbuhan ekonomi dunia mulai lebih baik, dan kita harus mengambil kesempatan ini," tegas Agus.

Dari data BI, jumlah kredit per Juli tercatat Rp 4.494 triliun atau tumbuh 7,9 persen year on year. Penyaluran kredit didorong oleh kredit modal kerja (KMK), kredit investasi (KI) dan kredit konsumsi (KI). Untuk kredit modal kerja tercatat Rp 2.007 triliun. (Yas)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Otoritas keuangan seperti Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memprediksi pertumbuhan kredit pada tahun depan bakal tinggi. BI sendiri memperkirakan pertumbuhan kredit bisa mencapai 12 persen-14 persen di 2018.

Ketua Komisioner LPS Halim Alamsyah menyatakan pertumbuhan kredit yang lebih baik bisa saja terjadi pada tahun depan. Salah satunya didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan lebih baik di 2018.

"S‎aya kira kita lihat nanti. Kalau dilihat dari angka-angka p‎ertumbuhan lebih baik tahun depan. Inflasi tetap akan terjaga. Ekonomi membaik, confidence dari dunia usaha membaik, daya beli juga naik. Saya kira permintaan kredit akan naik," ujar di Kantor LPS, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Menurut dia, sektor yang akan berkontribusi pada pertumbuhan kredit yaitu industri manufaktur. Namun hal ini juga harus ditopang oleh kinerja ekspor yang diharapkan semakin membaik di akhir tahun ini.‎

"Kita berharap sebetulnya tahun ini itu ada perbaikan terutama, industri yang menghasilkan barang-barang ekspor karena kita tahu Eropa, AS‎, Jepang itu membaik. Kita berharap beberapa produk kita masih tetap kompetitif. Tapi ini memang harus dilihat kemampuan dari supplier kita untuk respons kenaikan permintaan ini," jelas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Area Skateboard Terluas di Indonesia Hadir di Tangerang

Posted: 18 Sep 2017 09:27 PM PDT

Kabar gembira bagi pecinta olah raga skateboard. Anda bisa mencoba wahana skate seluas 1.200 meter di BSD City Tangerang. Di tempat ini, berbagai obstacles skate pertama di Indonesia bisa dinikmati saat menghabiskan akhir pekan.

Terletak di arena Xtream Park BSD City, wahana baru ini digadang-gadang sebagai area skateboard terbesar di Indonesia. Atlet muda skateboard asal Bali, Sanggoe Dharma yang sempat menjajal area tersebut mengaku bila standar area ini sejajar dengan internasional.

"Luas banget. Saya main keliling-keliling, mungkin ini terluas. Kalau saya nilai, standarnya Asia lah. Keren," ungkap Sanggoe, Selasa (19/8/2017).

Sanggoe mengaku di dalam area skate itu bisa menjajal berbagai trik yang biasanya dilakukan di berbagai kejuaraan internasional.

"Tangganya itu kan dibuat landai, luas, jadi kita bisa berbagai trik yang enggak harus terburu-buru," kata dia.

Terlebih, dia melihat obstacle jenis piramid yang terakhir dilihatnya dalam kejuaraan Beijing, ternyata hadir di Indonesia. Hal ini membuka peluang bagi komunitas lokal skateboard untuk berlatih agar bisa tampil di ajang internasional.

 

"Pondasinya bagus, obstacle yang dibuat juga saya lihat banyak pertama di Indonesia. Ini membuka peluang untuk komunitas lokal semakin mengasah diri," puji Sanggoe.

Sementara Marketing and Communication Xtream Park BSD, Mesya mengatakan, wahana baru di lingkungan Xtream Park ini dibuka setiap hari. Pengunjung bisa merogoh kocek Rp 25 ribu untuk bisa menjajal area skateboard yang mengusung tema urban ini.

"Kita ada coach juga, tapi untuk sesi latihan bisa hubungi sebelumnya untuk buat janji," ungkap Mesya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agus Rahardjo: KPK-Polri Tak Harmonis, Koruptor Senang

Posted: 18 Sep 2017 09:23 PM PDT

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo memastikan pihaknya akan terus menjalin komunikasi yang baik dengan Polri. Ia juga tidak mau rivalitas antara KPK-Polri kembali terulang seperti kasus Cicak Vs Buaya yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Kalau KPK enggak harmonis dengan polisi, yang suka para koruptor," kata Agus di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Agus mengatakan sinergitas antara pihaknya dengan Polri perlu dipertahankan, terutama di level pimpinan kedua lembaga. Ia juga mengaku terus membangun komunikasi yang intensif dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Kalau di media sosial kami kompak sekali. Sering ketemu, selalu komunikasi WA (Whatsapp). Saya kalau di WA sebut Pak Kapolri Dinda Tito. Tito sebut saya Kang Mas. Itu biasa sekali, jadi hubungan kita enggak pernah ada yang enggak harmonis," terang Agus.

Agus juga tak memungkiri bahwa KPK tidak bisa berjalan sendiri dalam memberantas kasus korupsi. Oleh karena itu, perlu dukungan dari lembaga penegak hukum lain, khususnya Polri.

"Kalau lawan korupsi harus sinergi, kerja sama. Mudahan-mudahan bisa hasilkan Indonesia yang lebih baik, bebas korupsi, dan sejahtera," tandas Agus.

Saksikan videi pilihan di bawah ini:

 

 

Hubungan KPK dan Polri kembali memanas akhir-akhir ini yang antara lain dipicu oleh pelaporan penyidik senior KPK Novel Baswedan oleh Direktur Penyidikan KPK Brigjen Pol Aris Budiman. Namun, Polri berharap permasalahan tersebut tidak sampai memicu konflik antara dua lembaga.

"Kita berharap tidak (ada konflik). Hubungan antarlembaga bagus, enggak ada masalah," ujar Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 7 September 2017.

Terkait pelaporan Aris Budiman terhadap Novel Baswedan, Setyo menilai itu adalah hak pribadi yang bersangkutan dan tetap harus dihormati.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Ge Pamungkas Sering Godain Istri Desta

Posted: 18 Sep 2017 09:20 PM PDT

‎Kekonyolan Ge Pamungkas bukan cuma terlihat ketika sedang naik panggung stand up comedy saja. Ketika syuting film Jomblo pun Ge Pamungkas dikenal iseng.

Cowok 28 tahun itu mengaku sering menggoda lawan mainnya. Salah satunya istri Desta, Natasha Rizki. Ge Pamungkas menjadikan sikap Natasha Rizki yang selalu serius sebagai sasaran bully-nya.

"Pertama kali ketemu (Natasha) itu gue panggil 'Mbak'. Katanya, masih muda kok, nah ya sudah gue bully. Soalnya Caca (Natasha) itu kalau ngomong semua dianggap serius," kata Ge Pamungkas usai gathering film Jomblo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (18/9/2017).‎

"Kalau gue bercanda dan nyeleneh, nah buat dia itu serius dan coba untuk membenarkan," lanjutnya.

Bukan cuma Natasha Rizki, beberapa pemain Jomblo lainnya seperti Indah Permata, Aurelie Moeremans dan Arie Kriting, tak ayal menjadi 'korban' godaan Ge Pamungkas. Namun, hal itu dirasa positif bagi Ge Pamungkas. Pasalnya, ia dapat lebih dekat dan kenal karakter lawan mainnya.

"(bully) Caca, Indah Ari itu semua kita bully. Kalau Indah kelakuannya yang kita bully, Aurelie juga suka melakukan gerakan aneh dengan tubuhnya," ujarnya seraya tertawa. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Bomber Ganas Timnas Indonesia U-16, Sutan Zico

Posted: 18 Sep 2017 09:15 PM PDT

Timnas Indonesia terus menciptakan pemain-pemain berbakat. Setelah Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri, kini muncul nama Sutan Diego Armando Zico, striker timnas Indonesia U-16 di babak kualifikasi Piala Asia U-16.

Zico sudah mencetak delapan gol dalam dua pertandingan kualifikasi Piala Asia U-16 Grup G. Dia mencetak lima gol saat timnas Indonesia U-16 menang 18-0 atas Kepulauan Mariana Utara, 16 September 2017.

Tak cukup sampai di situ. Striker kelahiran Jakarta itu menjadi pahalwan timnas Indonesia U-16 di laga kedua Grup G. Masuk sebagai pemain cadangan, Zico mencetak tiga gol dan membantu Indonesia menang 3-1 atas Timor Leste, kemarin.

Dengan delapan gol, dia menjadi top scorer kualifikasi Piala Asia U-16. Zico unggul lima gol dari tiga rekan setimnya, Amiruddin Bagus, Mochammad Supriadi, dan Hamsa Lestaluhu.

"Syukur Alhamdulillah, pelatih memberikan kepercayaan lagi kepada saya untuk bermain. Saya juga tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu dengan pembuktian tiga gol saya," kata Zico usai pertandingan timnas Indonesia U-16 melawan Timor Leste.

Lalu, siapa sebenarnya Zico? Dari mana dia berasal? Zico ini sebenarnya "anak baru" di tim berjulukan Garuda Asia tersebut. Pelatih timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini baru memanggilnya dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Bina Taruna untuk melakukan pemusatan latihan kedua.

Zico dipanggil setelah timnas Indonesia U-16 mendapat hasil kurang memuaskan di Piala AFF U-15, Juli lalu. Fakhri Husaini tertarik mengajaknya bergabung karena Zico merupakan pemain penuh prestasi.

Bersama SSB Bina Taruna, Zico menjadi juara Liga Kompas Gramedia U-14 pada 2016/17. Remaja lulusan SMPN 1 Gunung Putri ini juga pernah membela Indonesia U-15 di ajang Piala Gothia di Swedia, Juli lalu. Dia merupakan kapten tim.

Tak hanya itu, Zico juga pernah menjadi kapten saat membela Chelsea Soccer School Singapura 2014. Dia bisa masuk SSB Chelsea itu setelah terpilih dalam program Predator Hund, yang dilakukan oleh Adidas.

Pria kelahiran 22 April 2002 itu terpilih bersama 24 pemain Indonesia lainnya. Dia juga pernah bermain di Danone Nations Cup 2014 Brasil dan turnamen FC Bayern Youth Cup di Jerman, tahun ini.

Warganet sempat mengira Zico merupakan pemain timnas Singapura. Hal ini terjadi karena Zico mengunggah foto di Instagram pribadinya tengah mengenakan jaket yang ada bendera Singapura.

"Halo, kamu orang Indonesia apa Singapura?" tanya pemilik akun @gungerikwiranata.

Zico mengenakan jaket Singapura karena dia bermain untuk tim Chelsea Singapura dan sekolah di sana. Zico merupakan remaja kelahiran Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.

Nama Lengkap :Sutan Diego Armando Zico
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 7 April 2002
Posisi : striker
Nomor punggung : 9
Pemain idola : Robert Lewandowski
Klub :
Chelsea Soccer School (2014)
SSB Bina Taruna
Instagram : sutandiegozico

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Minta KaBIN dan Kapolri Jelaskan Foto dengan Gubernur Papua

Posted: 18 Sep 2017 09:14 PM PDT

Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) Budi Gunawan dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian diminta memberikan klarifikasi secara komprehensif, terkait foto pertemuan dengan Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Kapolda Sumut Irjen Paulus Waterpauw.

Permintaan disampaikan Ketua Bidang Kehormatan Partai DPP PDIP Komaruddin Watubun.

Dia mengatakan, beredarnya foto itu telah memicu munculnya banyak informasi simpang siur, yang dikaitkan dengan barter politik atas persoalan hukum yang tengah melilit Lukas.

"Meskipun saya tidak percaya dalam pertemuan itu ada upaya barter politik, tetapi semua pihak yang ada di foto itu sebaiknya melakukan klarifikasi resmi," ujar Komaruddin di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Sebelumnya Komnas HAM merilis keluhan Lukas Enembe, yang salah satunya menyebutkan, dalam pertemuan itu dipaksa menandatangani surat komitmen untuk memenangkan Presiden Jokowi pada pemilihan presiden (pilpres) 2019 dan PDIP pada pilkada 2018.

Menurut Komaruddin, hanya Budi Gunawan dan Tito Karnavian yang mengetahui topik pembicaraan dalam pertemuan itu.

Meski demikian, pengurus partai wilayah Indonesia timur ini menilai, tidak masuk akal jika ada penugasan partai kepada Lukas, sebab dia bukan kader PDIP tapi Ketua DPD Demokrat.

"Tidak mungkin Lukas diberi tugas memenangkan PDIP, kita sebagai partai ya berjuang sendiri, selama ini kan PDIP dalam berjuang tidak pernah mengharapkan uluran tangan dari kekuasaan," ucap Komaruddin.

Apalagi, lanjut dia, PDIP memiliki sistem tersendiri terkait kaderisasi, terutama untuk diajukan sebagai kepala daerah dan selama ini berjalan dengan baik.

"Kita sendiri punya calon gubernur dari partai, justru itu kami tidak memusingkan nama PDIP dicatut di berita pertemuan mereka tersebut," kata Komaruddin.

 

Terkait elektabilitas Presiden Jokowi di Pilpres 2019, Komaruddin yakin, tanpa campur tangan kekuasaan tetap akan mendulang kemenangan.

Apalagi di Papua, menurut dia, berdasarkan survei banyak lembaga, elektabilitas Jokowi tetap tertinggi.

"Fakta pilpres 2014, tidak ada kekuasaan memenangkan Jokowi di Papua. Saya sendiri pimpin tim di sana sehingga tahu sendiri rakyat memilih berdasarkan kesadaran penuh akan sosok Jokowi," papar dia.

"Sekali lagi mudah-mudahan saja berita ini tidak benar, karena ini alat negara (BIN dan Polri) tidak boleh tergoda bermain di wilayah politik," kata Komaruddin.

Mabes Polri sendiri sebelumnya sudah bersuara terkait pertemuan antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpaw di kediaman Dinas Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan.

Foto pertemuan mereka tersebar luas ke publik pada Kamis, 14 September 2017. Pertemuan mereka berlangsung tertutup dan disebut-sebut terjadi sehari setelah Lukas Enembe diperiksa Bareskrim Polri sebagai saksi atas kasus dugaan korupsi anggaran beasiswa APBD Papua 2013-2014.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Rikwanto, mengatakan pertemuan tersebut hanya sebatas membahas keamanan wilayah Papua menjelang penyelenggaran Pilkada 2018.

"Jadi pertemuan itu terkait akan diselenggarakan pilkada serentak pada 2018, Polri dan BIN memandang perlu dilakukan konsolidasi terutama menyangkut aspek dengan aspek keamanan," ujar Rikwanto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, pada Jumat 15 September 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Kenalkan, Arcturus Si Kucing Tertinggi Sedunia Asal Michigan

Posted: 18 Sep 2017 09:10 PM PDT

Will Powers menggendong kucingnya, Arcturus Aldebaran Powers di Farmington Hills, Michigan, 13 September 2017. Tercatat, kucing savannah asal Southfield tersebut memiliki tinggi sekitar 19 inchi atau 48 centimeter. (Edward Pevos/Ann Arbor News via AP)

Will Powers menggendong kucingnya, Arcturus Aldebaran Powers di Farmington Hills, Michigan, 13 September 2017. Tercatat, kucing savannah asal Southfield tersebut memiliki tinggi sekitar 19 inchi atau 48 centimeter. (Edward Pevos/Ann Arbor News via AP)

Will Powers dan kucingnya, Arcturus Aldebaran Powers ketika sedang bersantai. Walaupun tubuhnya jauh lebih besar dibanding kucing lain pada umumnya, Arcturus tidak punya banyak perbedaan dengan mereka. (facebook.com/ArcturusAldebaranPowers)

Will Powers dan kucingnya, Arcturus Aldebaran Powers ketika sedang bersantai. Walaupun tubuhnya jauh lebih besar dibanding kucing lain pada umumnya, Arcturus tidak punya banyak perbedaan dengan mereka. (facebook.com/ArcturusAldebaranPowers)

Lauren Powers menggendong kucing savannahnya, Arcturus Aldebaran Powers. Kabarnya, Arcturus masih akan tumbuh lebih tinggi lagi karena kucing tersebut baru berusia 2 tahun. (facebook.com/ArcturusAldebaranPowers)

Lauren Powers menggendong kucing savannahnya, Arcturus Aldebaran Powers. Kabarnya, Arcturus masih akan tumbuh lebih tinggi lagi karena kucing tersebut baru berusia 2 tahun. (facebook.com/ArcturusAldebaranPowers)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Pengungsi, Halima Aden Sukses Jadi Model Dunia Berhijab

Posted: 18 Sep 2017 09:10 PM PDT

Nama Halima Aden beberapa waktu belakangan tengah menjadi perbincangan hangat. Gadis berusia 19 tahun itu masuk sebagai finalis ajang kecantikan Miss Minnesota, Amerika Serikat, pertama yang berbusana muslimah.

Halima Aden, model hijab pertama yang menghiasi sampul majalah VOGUE USA [foto: instagram/kinglimaa]

"Saat membuka informasinya dari database, fotonya muncul. Dan saya ingat betul waktu itu saya berkata, 'Wow cantik sekali'," ujar Denise Wallace selaku direktur eksekutif ajang kecantikan Miss Minnesota.

Sejak saat itu, wajah cantik Halima Aden mulai menghiasi dunia permodelan Amerika Serikat. Bulan Juli 2017 lalu, Halima bahkan menjadi model berhijab pertama yang menghiasi sampul majalah Vogue USA dan beberapa media lain.

Di balik kesuksesannya sekarang ini, Halima Aden dulu merupakan seorang pengungsi asal Somalia. Halima dan keluarganya mengungsi ke wilayah Kakuma, Kenya. Halima mengaku kalau kehidupannya saat itu sangat sederhana, tapi penuh dengan kebahagiaan.

Halima Aden, model hijab pertama yang menghiasi sampul majalah VOGUE USA [foto: instagram/kinglimaa]

"Orang-orang dari berbagai wilayah Afrika berkumpul di kamp pengungsi di Kakuma. Kami, anak-anak senasib bermain bersama," ujar Halima Aden seperti dilansir dari video wawancaranya dengan VOA, beberapa waktu lalu.

Meski berhijab, Halima Aden tidak merasa berbeda dari model lainnya di Amerika. Justru dengan prestasinya ini, Halima menghapus pandangan negatif terhadap wanita muslimah pada umumnya.

Halima Aden, model hijab pertama yang menghiasi sampul majalah VOGUE USA [foto: instagram/kinglimaa]

Kepribadian dan kecantikan Halima Aden yang alami sukses menarik hati para perancang serta editor majalah untuk menjadikannya model busana mereka.

"Dia seperti remaja pada umumnya. Tapi dia berhasil membentuk standar kecantikan yang baru pada warga Amerika dengan cara yang mengagumkan," jelas Michelle Lee, editor majalah Allure.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Isu Rohingya Alami Jalan Buntu di Sidang AIPA

Posted: 18 Sep 2017 09:07 PM PDT

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon memimpin Delegasi Parlemen Indonesia mengikuti Sidang Umum ke-38 ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang diselenggarakan di Manila, Filipina.

Rangkaian Sidang Umum AIPA diawali dengan pertemuan Komite Eksekutif AIPA yang membahas dan mengesahkan seluruh agenda persidangan.

Berbeda dengan pertemuan Komite Eksekutif di tahun-tahun sebelumnya, kali ini AIPA harus menggelar pertemuan Komite Eksekutif hingga dua kali. Sebab, mereka mengalami kebuntuan dan tidak mencapai konsensus terhadap usulan Indonesia tentang isu Rohingya.

Delegasi DPR RI menyampaikan posisi tegas agar parlemen negara-negara ASEAN memberikan sikap atas tragedi kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar. Usulan Resolusi itu mendapat penolakan keras dari Myanmar sehingga mengakibatkan sidang harus diskors dan memberikan waktu bagi tuan rumah untuk memfasilitasi negosiasi antara Indonesia dan Myanmar.

"Kami sebenarnya sangat terbuka kepada Myanmar untuk mengoreksi dan memperbaiki draf resolusi itu, jika mereka keberatan dengan redaksi awal yang kami bawa," ujar Ketua Delegasi DPR RI, Fadli Zon, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Menurutnya, jika Myanmar keberatan dengan nada kecaman terhadap aksi kekerasan atas etnis Rohingya, delegasi DPR RI telah mengusulkan untuk memperlunak resolusi tersebut menjadi resolusi atas krisis kemanusiaan di Myanmar.

"Tapi mereka menolak juga. Mereka mengatakan tidak ada krisis kemanusiaan di Myanmar," ucapnya.

Fadli menjelaskan, Delegasi DPR RI mencoba mencari jalan tengah dengan menawarkan rancangan resolusi yang dimodifikasi menjadi isu humanitarianism di Asia Tenggara. Namun Delegasi Myanmar tetap menolak. Bahkan, kata dia, usulan Presiden AIPA, Pantaleon D Alvarez agar Delegasi Parlemen Myanmar membuat draf resolusi sendiri atas isu Rohingya pun tidak mendapat persetujuan dari pihak Myanmar.

Saksikan video di bawah ini:

Selain agenda Komite Eksekutif, delegasi DPR RI juga mengikuti Sidang Komisi Perempuan AIPA (Women of AIPA). Nurhayati Ali Assegaf yang memimpin Delegasi DPR RI di pertemuan WAIPA menyampaikan, intervensi mengenai Rohingya dari sisi perlindungan hak anak dan perempuan di tengah kondisi konflik kemanusiaan.

"Anak dan perempuan merupakan pihak yang paling rentan menjadi korban di tengah konflik bersenjata. Kami menyerukan agar pemerintah Myanmar segera mengambil langkah-langkah perlindungan anak dan perempuan terutama dari kekerasan berbasis gender seperti pemerkosaan dan penyiksaan seksual lainnya," papar Nurhayati.

Selanjutnya, ia mengingatkan bahwa awal pelaksanaan Sidang Umum AIPA tahun ini bertepatan dengan Hari Demokrasi Internasional.

"Sehingga, tepat apabila kita mendorong Myanmar untuk menghentikan diskriminasi, kekerasan dan penindasan yang tidak sejalan dengan prinsip-prinsip demokrasi," jelas Nurhayati.

Sidang Umum Ke-38 AIPA akhirnya meniadakan pertemuan Komisi Politik karena tidak berhasil mencapai konsensus agenda yang akan dibahas. Selain usulan resolusi mengenai Rohingya, Delegasi DPR RI mengusulkan resolusi mengenai penanganan sampah plastik di laut, penguatan kapasitas AIPA serta resolusi mengenai pertumbuhan inklusif dan berbasis ekonomi untuk penguatan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Ketiga resolusi tersebut disetujui untuk dibahas di Komisi Sosial, Komisi Ekonomi, dan Komisi Organisasi. Sidang ini berlangsung pada 15-19 September 2017.

Delegasi DPR RI terdiri dari Nurhayati Ali Assegaf (Fraksi Partai Demokrat) Juliari P. Batubara (Fraksi PDIP), S.B Wiryanti Sukamdani (Fraksi PDIP), dan Firmandez (Fraksi Partai Golkar).

Ada juga Andi Achmad Dara (Fraksi Partai Golkar), Sartono Hutomo (Fraksi Partai Demokrat, Lucky Hakim (Fraksi PAN), Abdul Kadir Karding (Fraksi PKB), Mahfudz Abdurrahman (Fraksi PKS), serta Achmad Farial (Fraksi PPP).

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Kagum, Wajah Vino G Bastian Sangat Mirip dengan Chrisye

Posted: 18 Sep 2017 09:07 PM PDT

Film biopik Chrisye adalah salah satu film paling ditunggu kehadirannya tahun ini. Dan aktor Vino G Bastian pun dipercaya untuk memerankan sosok penyanyi legendaris Tanah Air tersebut.

Aktor Vino G Bastian. (Herman Zakharia)

Keterlibatan Vino G Bastian dalam film ini pun disambut baik oleh banyak pihak. Terlebih, dari segi penampilan, suami Marsha Timothy ini dianggap mirip dengan almarhum Chrisye. Itu terlihat dari poster filmnya yang sudah resmi dirilis pada selasa (19/9/2017).

"CHRISYE - Sebuah film tentang sisi lain dari kehidupan seorang legenda bernama Chrisye dari sudut pandang sang isteri @yanti_chrisye SEGERA DESEMBER 2017. (Trailer cek Bio) #filmchrisye @filmchrisye," tulis Vino dalam Instagram Instagram pribadinya.

Dalam poster tersebut, terlihat aktor berusia 35 tahun ini sedang menggunakan mikrofon yang menjadi identitas Chrisye sebagai penyanyi. Menariknya lagi, wajah hingga tatanan rambut Vino juga sangat mirip dengan Chrisye.

Masyarakat, khususnya pecinta film Tanah Air yakin bahwa Vino G Bastian mampu memerankan sosok Chrisye dengan apik. "Slalu menjiwai karakter yg di perankn..TOTALITAS bangat," tulis warganet dengan nama akun @mardyanto.03_03.

"Vino g sebastian,aktor sejati bngtt,bs mnjadi peran apa aj,n mnjiwai bngtt klo bawa peran tokoh jg..salutttt!!!" ujar pemilik akun @ikalisartika03. "Inii sie sadiiiss banget,bisaa mirippp gtuuu...sukses my brooo," tambha @donniesibarani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Untung Rugi Ada Biaya Isi Ulang Uang Elektronik

Posted: 18 Sep 2017 09:06 PM PDT

Bank Indonesia (BI) berencana mengeluarkan aturan untuk mengenakan biaya top up (isi ulang) uang elektronik pada akhir September 2017. Asosiasi Financial Technology (Fintech) atau perusahaan keuangan berbasis teknologi menilai hal itu memiliki plus minus.

Ketua Asosiasi FinTech Indonesia, Niki Luhur menuturkan, untuk mendukung rencana pemerintah dalam menerapkan dan mendorong terbentuknya masyarakat nontunai dibutuhkan infrastruktur yang memadai. Ini agar masyarakat mudah dan nyaman menggunakan layanan nontunai itu.

Biaya isi ulang uang elektronik, Niki menuturkan, salah satu yang dapat menjadi sumber daya bagi penyedia produk dan jasa uang elektronik untuk untuk memenuhi kebutuhan investasi pembangunan infrastruktur alat bayar nontunai termasuk bangun infrastruktur konektivitas telekomunikasi.

Niki mengatakan, sesuai peraturan BI, penyedia produk dan jasa uang elektronik tidak dapat menggunakan saldo yang terkumpul dari uang elektronik.

"Oleh karena itu, kebijakan penambahan biaya isi ulang dan besarnya nominal yang dikenakan sangat tergantung dari keputusan setiap penyedia produk uang elektronik," jelas Niki, seperti ditulis, Selasa (19/9/2017).

Ia menuturkan, pengenaan biaya isi ulang uang elektronik itu dengan harapan biaya yang dikenakan kecil nilainya. Selain itu tidak membebani nasabah.

"Terdapat beberapa pelaku usaha yang memilih untuk berfokus pada akuisisi jumlah nasabah dengan harapan dapat menawarkan jasa layanan keuangan seperti pinjaman," kata Niki.

Ia menambahkan, tentunya layanan tanpa biaya akan lebih menguntungkan bagi konsumen sebagai pengguna produk uang elektronik. Namun, di satu sisi, pemberlakuan biaya isi ulang menjadi salah satu alternatif solusi dan penting bagi terciptanya model bisnis yang berkelanjutan dalam industri keuangan, serta memberikan manfaat jangka panjang bagi konsumen.

Sementara itu, VP of Corporate Communications Doku Anistasya Kristina menuturkan, rencana BI merilis aturan itu baru bersifat imbauan dan belum diwajibkan.

Pihaknya akan tetap berusaha untuk meminimalkan biaya yang muncul terkait isi ulang uang elektronik. "Karena kami ingin terus mengedukasi pasar tentang kenyamanan dan manfaat menggunakan uang elektronik," kata Kristina.

Ia menuturkan, upaya edukasi dan biaya pengembangan uang elektronik besar. Oleh karena itu, perlu usaha bersama untuk edukasi penggunaan uang elektronik. Pihaknya pun sebisa mungkin untuk meminimalkan biaya misalkan lewat subsidi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan aturan mengenai pemungutan biaya isi ulang (top up) untuk uang elektronik atau e-money. BI berharap masyarakat memahami bahwa adanya biaya tersebut demi memaksimalkan sarana dan prasarana.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memastikan peraturan anggota dewan gubernur pemungutan biaya isi saldo uang elektronik perbankan dari konsumen akan terbit akhir September 2017.

"Kami akan atur batas maksimumnya, dan besarannya, biayanya tidak akan berlebihan membebani konsumen," kata Agus, Jumat 15 September 2017.

Agus mengatakan, regulasi isi saldo tersebut akan berupa Peraturan Anggota Dewan Gubernur (PADG). Ia belum mengungkapkan aturan besaran maksimum biaya isi saldo uang elektronik karena masih dalam finalisasi.

Agus menjelaskan, BI akhirnya memperbolehkan perbankan memungut biaya isi saldo uang elektronik karena mempertimbangkan kebutuhan perbankan akan biaya investasi dalam membangun infrastruktur penyediaan uang elektronik, layanan teknologi, dan juga pemeliharaannya.

Mengingat pada 31 Oktober 2017 pembayaran jasa penggunaan jalan tol di seluruh Indonesia harus menggunakan uang elektronik, maka perbankan juga harus menyediakan loket dan tenaga Sumber Daya Mineral (SDM) di area sekitar jalan tol agar kebutuhan masyarakat untuk membayar jasa jalan tol terpenuhi.

"Kita harus yakinkan bahwa saat masyarakat beli uang elektronik untuk jalan tol, itu harus tersedia secara luas. Oleh karena itu, BI mengizinkan untuk ada tambahan biaya," ujarnya.

Selain loket penjualan uang elektronik, kata Agus, perbankan juga harus menyiapkan sarana prasarana untuk melayani isi saldo uang elektronik. "Kami juga berharap masyarakat memahami kalau tidak ada biaya top up nanti akan terbatas itu kesediaan sarananya," ujar dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas dari Band, Dul Ahmad Dhani Jadi Solois

Posted: 18 Sep 2017 09:06 PM PDT

Abdul Qodir Jaelani, atau dikenal dengan panggilan Dul , membuktikan dirinya paling mewarisi bakat musik kedua orangtuanya, Ahmad Dhani dan Maia Estianty.

Di saat dua saudara kandungnya, Al Ghazali dan El Rumi, eksis di jadi bintang iklan dan main film, Dul tetap setia bermusik. Lepas dari band The Lucky Laki yang dibentuknya bersama Al dan El, Dul pun meniti kariernya sebagai penyanyi solo.

Lagu bernuansa alternatif pop yang diberi judul "Kamu dan Aku" jadi pembuktikan Dul memperkenalkan karya solonya di panggung musik nasional.

"'Kamu dan Aku' bercerita tentang saat kita mencintai seseorang, tapi orang itu tidak pernah menyambut cinta kita," kata Dul melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (19/9/2017).

Dul memilih untuk memperkenalkan musik di era 90-an di tengah ritmik musik Electronic Dance Music (EDM) anak-anak milenial. Ia mengatakan, tak terpengaruh dengan aliran musik yang lain karena kecintaannya dengan musik lawas.

"Dengan lagu ini, saya juga mengajak anak-anak muda di era-90 bernostalgia dengan musik saya," Dul mengungkapkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mendikbud Gencar Sosialisasi Lagu Indonesia Raya 3 Stanza

Posted: 18 Sep 2017 09:05 PM PDT

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy mulai berkunjung ke beberapa sekolah untuk mensosialisasikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza.

Ia berpendapat walaupun belum tentu diterima masyarakat, tapi sosialisasi ini penting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Astronom Temukan Planet Raksasa Super Gelap Mirip Yupiter

Posted: 18 Sep 2017 09:03 PM PDT

Teleskop Hubble milik NASA yang mengobservasi planet di luar tata surya kita -- exoplanet, menemukan sebuah planet yang permukannya mirip aspal. Pasalnya, permukaan tersebut nyaris sama sekali tak memantulkan cahaya.

Exoplanet tersebut, WASP-12b, dijuluki 'Yupiter-panas', karena ukurannya yang besar, tersusun atas gas, dan mengorbit sangat dekat dengan bintang induknya sehingga memiliki suhu yang panas.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Astrophysical Journal Letters, planet tersebut mampu 'melahap' cahaya dan menjebak setidaknya 94 sinar yang jatuh di atmosfernya.

"Kami tak mengira akan menemukan exoplanet gelap seperti itu," pemimpin peneliti, Taylor Bell, dari McGill University dan Institute for Research on Exoplanets di Montreal, Quebec, Kanada.

"Sebagian besar Yupiter-panas merefleksikan sekitar 40 persen cahaya," kata Bell.

Dikutip dari The Indian Express, Selasa (18/9/2017), WASP-12 b berjarak 3,2 juta kilometer dari bintang induknya dan menyelesaikan orbitnya satu kali setiap hari. Ia mengorbit bintang mirip Matahari yang berjarak 1,400 tahun cahaya, di konstelasi Auriga.

Atmosfer planet tersebut sangat panas dan menyebabkan sebagian besar molekulnya tak dapat bertahan di sisi terik planet, di mana suhunya bisa mencapai 2.537,7 derajat Celcius.

Oleh karena kondisi tersebut, awan mungkin tak bisa terbentuk untuk memantulkan cahaya kembali ke angkasa. Sebagai gantinya, cahaya masuk menembus jauh ke dalam atmosfer planet di mana ia diserap oleh atom hidrogen dan diubah menjadi energi panas.

Tapi di sisi gelapnya atau malam hari, kondisi exoplanet itu justru kontras dengan sisi siangnya.

Sisi malamnya bersuhu 1.093 derajat Celcius lebih dingin dibanding sisi siang. Di sisi tersebut, uap air dan awan berkemungkinan untuk terbentuk.

Pada Juni 2017, astronom telah menemukan exoplanet terpanas yang suhunya lebih tinggi dibandingkan permukaan kebanyakan bintang.

Planet mirip Yupiter bernama KELT-9b itu, mengelilingi bintangnya -- seperti Bumi mengelilingi Matahari -- setiap 1,5 hari. Orbitnya begitu kencang sehingga raksasa gas itu selalu menunjukkan wajah yang sama ke hadapan bintangnya, sama seperti bulan terhadap Bumi.

Suhu KELT-9b pada siang hari mencapai 4.300 derajat Celcius. Temperaturnya lebih panas di bandingkan permukaan bintang kerdil yang mendominasi galaksi Bima Sakti (1.200 derajat Celcius).

Temperatur ekstrem di planet yang terletak 650 tahun cahaya itu, membuatnya menjadi seperti dunia lain. Sebagai contoh, molekul seperti air dan karbon dioksida tak bisa berada di atmosfer planet.

"Ini adalah planet yang atmosfernya hampir dipastikan tidak seperti di planet yang pernah kita lihat...," ujar profesor astronomi di Ohio State University, Scott Gaudi. Ia adalah co-leader studi yang mengumumkan penemuan KELT-9b yang diterbitkan pada 5 Mei 2017 di jurnal Nature.

Dilansir Space.com, bintang tempat KELT-9 mengorbit lebih besar dan panas dari Matahari, dan radiasi intensnya menyebabkan atmosfer KELT-9b menguap. Planet KELT-9 2,8 kali lebih besar dibanding Yupiter namun kepadatannya hanya separuhnya.

"KELT-9 (bintang KELT-9b) memancarkan radiasi ultraviolet sehingga benar-benar menguapkan planet," ujar co-leader studi, Keivan Stassun, yang merupakan profesor fisika dan astronomi di Universitas Vanderbilt di Tennesse.

Peneliti menemukan KELT-9b dengan menggunakan Kilodegree Extremely Little Telescope (KELT) di Winer Observatory, Arizona. Saat ditemukan, planet tersebut sedang melintas di depan bintangnya.

Astronom bertujuan untuk mengobservasi KELT-9b dengan instrumen lain, termasuk teleskop Hubble dan Spitzer milik NASA dan James Webb Space Telescope senilai US$ 8,9 miliar yang akan diluncurkan pada akhir 2018.

Gambar yang didapatkan melalui teleskop Hubble, dapat mengungkap apakah KELT 9-b benar-benar menguap. Hal tersebut membantu astronom menentukan berapa lama planet itu akan bertahan sebagai gas raksasa.

"Ketika kita berusaha mengembangkan gambaran lengkap tentang berbagai dunia lain di luar sana, penting untuk mengetahui tidak hanya bagaimana planet terbentuk dan berkembang, tetapi juga kapan dan dalam kondisi apa mereka hancur," ujar Stassun.

Tim peneliti juga mempresentasikan temuan terbaru itu pada pertemuan ke-230 American Astronomical Society di Austin, Texas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keuntungan Penjual Obat PCC di Kendari Berlipat Ganda

Posted: 18 Sep 2017 09:01 PM PDT

Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara telah menetapkan 16 tersangka dalam kasus peredaran obat PCC di Kota Kendari. Seperti diketahui, banyaknya korban PCC yang sangat masif beberapa hari belakangan setelah memakan banyak korban.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulawesi Tenggara, AKBP Sunarto, menyebutkan seluruh tersangka saat ini telah diamankan di Direktorat Narkoba Polda Sulawesi Tenggara. 

"Semuanya sudah ditetapkan jadi tersangka, hari ini kita rilis," kata Sunarto saat dikonfirmasi, Senin, 18 September 2017. 

Sunarto menyebutkan, para tersangka, yakni RS dan FA, merupakan warga Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari. Lalu ada ST dan VS, warga Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Kemudian MR warga Kadia, Kota Kendari, dan HS warga Jalan Imam Bonjol, Kota Kendari.

"Selanjutnya ES dan AC yang merupakan warga Kabupaten Kolaka, lalu SR dan AR warga Kabupaten Konawe," ujar Sunarto.

Tersangka lainnya, ujar Sunarto, adalah WY yang merupakan apoteker di salah satu apotek bersama asistennya, AM. Kemudian HP dan OC yang merupakan warga Kota Kendari.

"Terakhir, dua tersangka yang baru saja diamankan kemarin malam, yakni JP warga Kelurahan Kambu dan SS warga Kelurahan Mandonga," ujarnya.

Dari tangan 16 tersangka yang berhasil diamankan itu, aparat Kepolisian berhasil mengamankan total 5.428 butir obat-obatan yang masuk ke dalam daftar G. 

"Masing-masing terdiri dari 1.647 butir Tramadol, 3.043 butir obat PCC, dan 378 butir Somadril," ujar Sunarto. 

Adapun barang bukti lain yang berhasil diamankan adalah uang tunai sebesar Rp 7.666.000. "Uang ini adalah hasil para tersangka berdagang PCC," ungkap Sunarto.

Saksikan video pilihan berikut!

Ribuan obat PCC disita di salah satu rumah di Makassar. Foto: (Eka Hakim/Lipiutan6.com)

Setelah banyak warga Kota Kendari yang menjadi korban dari obat PCC, aparat bergerak cepat melakukan pengejaran terhadap para pengedar daftar G itu.

"Kita bergerak cepat. Kita terus lakukan pengembangan dari satu tersangka ke tersangka lainnya. Tidak hanya itu, kita juga memeriksa banyak saksi. Total saksi yang kita periksa adalah 50 orang, sehingga 16 tersangka ini bisa kita ciduk," kata Sunarto lewat sambungan telepon. 

Dari hasil interogasi kami, ujarnya, para tersangka ini nekat menjual obat PCC karena tergiur untung yang sangat besar. Menurut Sunarto, untung mereka bisa dua kali lipat dari modal yang mereka keluarkan.

"Harganya per satu ball itu Rp 650 ribu, isinya 1.000 biji. Jika habis terjual, mereka bisa dapat Rp 1.250.000 keuntungan bersih," ujarnya.

Para tersangka dikenai Pasal 197 juncto Pasal 106 ayat 1 dan Pasal 197 Undang-Undang Kesehatan Nomor 36 tahun 2009. "Ancaman hukumannya itu maksimal 15 tahun penjara," ujarnya. 

Sunarto menegaskan, pihak kepolisian bekerja sama dengan BNNP Sulawesi Tenggara dan BPOM Sulawesi Tenggara akan terus mengejar para bandar obat-obatan daftar G yang masih berkeliaran di wilayah hukumnya. 

"Tersangka masih berpotensi bertambah karena kami tidak berhenti sampai di sini saja, kita akan berantas sampai akar-akarnya," pungkas Sunarto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wonderkid AC Milan Ingin Berduet dengan Belotti

Posted: 18 Sep 2017 09:00 PM PDT

Striker muda AC Milan, Patrick Cutrone, mengaku mengagumi mesin gol Torino dan timnas Italia, Andrea Belotti. Cutrone mendambakan bisa berduet dengan Belotti di lini depan.

Belotti terikat klausul rilis kontrak sebesar 100 juta euro. AC Milan sempat dikaitkan dengan Belotti, tapi tak sepakat soal biaya transfer.

"Belotti adalah penyerang yang saya suka. Saya tidak berharap mencuri tempat dia di tim nasional, melainkan bermain bersama," ungkap Cutrone kepada Premium Sport, seperti dilansir Calciomercato.

Cutrone merayu Belotti untuk mendarat di San Siro suatu hari nanti. Pemain berusia 19 tahun ini yakin lini depan Rossoneri akan lebih baik dengan kehadiran Belotti.

"Kalau dia datang ke Milan, itu akan lebih baik," pemain kelahiran Como, Italia ini. Cutrone mencuri perhatian karena mampu menembus tim senior AC Milan di usia yang masih sangat muda. Ia bahkan sering diturunkan sebagai starter, mengalahkan rekrutan-rekrutan mahal seperti Andre Silva dan Nikola Kalinic. Total, musim ini ia sudah diturunkan dalam delapan pertandingan.



Tak sekadar diturunkan, pemain asli binaan akademi AC Milan itu juga berhasil mencetak empat gol dan dua assist. Dua gol di antaranya ia cetak di ajang Serie A.

 

 

AC Milan merupakan klub idola Cutrone sejak kecil dan kini Ia mampu bermain dan menyumbang gol untuk klub tersebut. (AFP/Stringer)

Pencapaian Cutrone ini meneruskan karier gemilangnya sejak masih di tim remaja. Di tim Primavera Milan, sebelum ditarik ke tim senior, pemain yang juga mengidolakan Alvaro Morata ini tercatat mencetak 43 gol dan 6 assist dalam 67 penampilan.

Di timnas Italia, Cutrone juga selalu diandalkan. Di timnas U-15, ia mencetak 7 gol dalam 10 penampilan selama rentang Februari sampai November 2013. Untuk timnas U-16, ia menyumbang 5 gol dari 9 laga. Untuk timnas U-17, ia mencetak 11 gol dari 18 laga.

Di timnas U-18, ia mencetak 2 gol dari 3 laga. Terakhir, di timnas U-19, ia mencetak 6 gol dari 17 penampilan.
Saat ini, Cutrone juga sudah dipanggil masuk dalam skuat U-21 dan sudah menjalani debutnya pada 1 September lalu. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Bakal Ungkap Informasi Detail tentang Keamanan Face ID

Posted: 18 Sep 2017 09:00 PM PDT

Kehadiran Face ID sebagai fitur pengenalan wajah pada iPhone X, berhasil mendapatkan perhatian yang besar. Sadar akan hal itu, Apple pun berencana merilis rincian informasi mengenai privasi dan keamanan Face ID.

Dilansir Business Insider, Senin (18/9/2017), Apple berencana merilis rincian informasi tentang Face ID sebelum iPhone X mulai dijual pada 3 November 2017. Hal ini diungkapkan oleh Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi, pada Jumat (15/9/2017).

Rincian informasi itu akan dirilis dalam bentuk "white paper". Apple kerap merilis rincian informasi alias white paper, yang berisi berbagai laporan teknis mengenai berbagai fitur keamanan penting.

Rincian informasi mengenai Face ID dipandang perlu dilakukan, terlebih lagi Apple ingin menghilangkan kesalahpahaman yang menyebutkan Apple membangun database wajah-wajah dengan fitur baru itu. "Kami tidak mengumpulkan data konsumen ketika mendaftar di Face ID. Semuanya tetap ada di dalam perangkat dan kami tidak mengirimnya ke cloud untuk data pelatihan," jelas Federighi.

Juru bicara Apple juga memberikan pernyataan tentang jaminan keamanan data-data pengguna di dalam Face ID. "Tim kami telah mengembangkan berbagai teknologi di balik Face ID selama beberapa tahun dan privasi para pengguna kami telah menjadi prioritas sejak awal. Data Face ID tidak pernah meninggalkan perangkat. Datanya dienkripsi dan dilindungi oleh Secure Enclave," jelas juru bicara tersebut.

Face ID menjadi salah satu fitur iPhone X yang paling banyak dibicarakan sejak diumumkan pada Selasa (12/9/2017).
Fitur ini bekerja berkat sistem kamera TrueDepth di layar bagian atas yang memiliki banyak sensor, termasuk kamera IR dan sebuah proyektor yang menghasilkan 30.000 titik inframerah pada wajah pengguna.

Sistem tersebut dapat membaca wajah, kemudian mencocokkannya dengan gambar yang tersimpan di dalam ponsel menggunakan prosesor neural network, dan membuka kunci ponsel. Menurut Apple, Face ID tidak akan bekerja jika pengguna tidak fokus. Jadi, mata harus terbuka ketika ingin membuka kunci iPhone X dengan Face ID.

Hal terpenting, sistem Face ID dipastikan tidak akan terkecoh dengan foto. Dari penjelasan Apple, sistem Face ID dinilai lebih baik daripada fitur serupa yang ada pada smartphone lain.

(Din/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Makanan untuk Liver Sehat, Gambar Ungkap Kepribadian

Posted: 18 Sep 2017 09:00 PM PDT

Setiap zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh akan diproses oleh liver. Selain itu, liver juga berfungsi untuk membantu organ tubuh lain membuang sisa makanan dan zat yang tidak diperlukan.

Namun, liver juga bisa lelah. Indikasinya, ketika berat badan kita sulit diturunkan atau ketika perut terasa sakit ketika datang bulan.

Oleh karena itu, liver perlu dirawat dan dibersihkan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Artikel seputar makanan-makanan yang membantu menyehatkan liver ini menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang gambar yang bisa mengungkapkan kepribadian si penggambarnya menjadi yang paling populer nomor dua. Diikuti artikel seputar hal sepele yang dilarang dilakukan dalam pesawat.

Berikut top 3 Citizen6:

1. Santap 7 Makanan Ini untuk Miliki Liver yang Sehat


Sering kali kita mengonsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh. Zat berbahaya yang masuk ke tubuh akan diproses oleh liver. Liver juga membantu organ tubuh lainnya dalam membuang sisa-sisa makanan dan zat yang tidak diperlukan bagi tubuh.

Jika kamu sulit untuk turun berat badan, masalah saat datang bulan (seperti, kembung dan payudara sakit), atau kulit yang buruk (seperti, eksim dan jerawat), maka itu tanda bahwa liver sudah kelelahan.

Selengkapnya..

2. Yuk Coba, Gambar Pertama yang Dilihat Ungkap Kepribadianmu

Setiap manusia pasti memiliki kepribadian, sifat, dan karakter yang berbeda-beda. Dengan sifat, karakter, dan kepribadian yang berbeda, pembawaan orang pun pasti berbeda.

Untuk mengungkapkan kepribadian seseorang bisa dilihat dari berbagai cara, misalnya dari bagian tubuh ataupun kebiasaan orang tersebut. Namun, bagaimana cara kamu melihat sebuah gambar ternyata juga bisa mengungkap karakter kamu yang sebenarnya lho.

Selengkapnya..

3. Waspada, Jangan Lakukan 10 Hal Sepele Ini di Pesawat

Bagi segelintir orang, menggunakan pesawat terbang saat bepergian memang sangat menyenangkan. Namun, pada dasarnya apa yang dilakukan di darat akan menjadi berbeda ketika dilakukan di udara.

Perjalanan yang menyenangkan adalah perjalanan yang nyaman dan tanpa masalah. Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi penyebab perjalanan kamu menggunakan pesawat terbang menjadi tidak nyaman. Berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di pesawat, seperti dilansir dari Brightside.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?

Posted: 18 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ditinggal menikah dengan si mantan memang bikin hati nyesek dan pikiran kacau. Tapi saat Anda berada di kondisi ini bukan berarti harus terus meratapi kesedihan, atau langsung cari penggantinya. Lantas apa yang harus dilakukan?

Astrid Wen, psikolog dari PION Clinician mengatakan menjalani kehidupan ini seperti di puncak dan di lembah, ada kalanya Anda berada di posisi teratas kebahagian atau mendadak jatuh di lembah terdalam. Namun, bukan berarti Anda harus fokus dengan kebahagiaan sang mantan atau orang lain.

"Kalau saat ini orang lain lebih happy dibanding kita, ya jangan fokus sama kebahagiaan orang lain. Tapi fokus sama diri sendiri, dan tanya sama diri sendiri 'Apa iya aku butuh pasangan?', jadi pastiin dulu apa kebutuhannya," kata Astrid kepada Health-Liputan6.com, ditulis Selasa (19/9/2017).

Astrid menilai dengan melihat kebutuhan diri sendiri akan membantu diri kita untuk bangkit dari keterpurukan. Karena jika tidak justru akan merugikan diri sendiri.

"Pasangan yang baru itu untuk apa, apakah untuk memenuhi kebutuhan biologis, kebutuhan dicintai atau ternyata biar tidak kesepian saja. Nah, bahayanya kalau ternyata punya pasangan lagi cuma biar kelihatan bahagia aja," kata Astrid.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syuting X-Men: The New Mutants, Aktris Muda Ini Sedih

Posted: 18 Sep 2017 08:57 PM PDT

Proses produksi film X-Men: The New Mutants telah rampung. Di hari terakhir, sutradara film sempalan (spin-off) X-Men itu, Josh Boone, merayakan momen terakhir syuting. Beberapa bintang muda seperti Maisie Williams, Henry Zaga, dan Blu Hunt juga merayakannya di media sosial.

Melalui Instagram @joshboonemovies, Josh Boone membagikan foto sekaligus pengumuman tersebut pertama kali pada akhir pekan lalu. Sebuah foto berisi lima bangku bertuliskan nama-nama karakter utama dari kisah X-Men itu serta satu bangku bertuliskan judul filmnya, The New Mutants, diunggah olehnya. Tak ada keterangan foto berupa kalimat, ia hanya menulis tagar #closingtime dan #newmutants.

Aktris muda Blu Hunt dan sutradara Josh Boone setelah rampungnya film X-Men: The New Mutants. (Instagram - @joshboonemovies)

Beberapa saat kemudian, Josh Boone membagikan foto dirinya bersama salah satu penulis skenario The New Mutants, Knate Lee. Foto lainnya memperlihatkan aktris muda Blu Hunt yang memerankan Dani Moonstar. "That's a wrap on #newmutants," tulisnya di kedua foto itu sambil me-mention masing-masing pemilik akun yang ada dalam fotonya.

Selain Blu Hunt, Maisie Williams juga membagikan momen terakhir syuting X-Men: The New Mutants dengan sebuah foto di salah satu lokasi syuting. Aktris 20 tahun yang memerankan Wolfsbane itu tampak memegang kartu dengan logo The New Mutants. "Thas a wrap," tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Dua pemain muda mengungkapkan kesan mereka selama terlibat dalam film ini. Henry Zaga yang memerankan Sunspot, berbagi foto sepasang sepatu di Instagram @zagahenry. "Hari ini kami merampungkan sebuah film yang sangat istimewa," tulisnya sebagai keterangan foto.

"Saya sangat bangga dengan keluarga New Mutants kami dan apa yang telah kami raih. Ini adalah salah satu pengalaman terbaik dalam hidup saya, jadi terima kasih semuanya menjadikannya tak terlupakan dan untuk jadi film yang menakjubkan," ia melanjutkan.

Aktris muda Blu Hunt setelah rampungnya film X-Men: The New Mutants. (Instagram - @bluhunt)

Blu Hunt juga turut berbagi foto dirinya di Instagram. Di situ ia mengaku lelah dan sedih dengan rampungnya film pertamanya tersebut. "Ini adalah fotoku setelah menyelesaikan film PERTAMAKU. Lelah, sedih, dan bersemangat untuk masa depan. Sampai jumpa Dani Moonstar," katanya.

The New Mutants juga dibintangi Anya Taylor-Joy (Split) sebagai Magik, Charlie Heaton (Stranger Things) sebagai Cannonball, dan Alice Braga (Queen of the South) sebagai Dr. Cecilia Reyes. Film ini dijadwalkan tayang pada 13 April 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Langkah Mudah Aplikasikan Gaya Minimalis pada Apartemen

Posted: 18 Sep 2017 08:54 PM PDT

Bosan dengan tampilan apartemen yang ditata standar? Ubah saja tampilan ruangnya agar menghadirkan nuansa baru yang memberikan energi positif. Dan gaya minimalis salah satu yang patut Anda dicoba.

(Baca juga: 5 Jurus Bikin Apartemen Tipe Studio Jadi Super Instagramable)

Selain simpel, desain minimalis juga mudah diaplikasikan. Tak masalah jika sedari awal ruangannya memang tidak didesain khusus dengan gaya minimalis. Coba 6 tips dari Rumah.com berikut untuk menghadirkan gaya minimalis di apartemen Anda.

1. Mengosongkan ruang

Mulailah dengan mengosongkan ruang. Tata ulang ruang satu demi satu. Sebelum memasukkan furnitur kembali sebaiknya Anda sudah memiliki gambaran ruang baru yang ingin Anda ciptakan sehingga akan mempercepat kerja Anda.

Masukkan kembali furnitur ke dalam ruang, dimulai dari furnitur besar.

2. Furnitur minimalis

Jika Anda ingin tampilan yang lebih maksimal, Anda harus melengkapi apartemen dengan furnitur minimalis. Furnitur minimalis memiliki garis tegas. Tak perlu semua perabot Anda ganti, pilih yang paling eye catchy, misalnya sofa.

Pilih warna yang modern seperti abu-abu, broken white, hitam, atau merah yang akan membuat gaya minimalis lebih menonjol. Anda juga dapat menambahkan furnitur pelengkap lain dengan warna senada.

3. Gunakan yang benar-benar penting

Gaya minimalis identik dengan minim furnitur. Karena itu, cobalah lebih efisien dalam penggunaan barang. Mulai sekarang jauhi kebiasaan menumpuk barang-barang di dalam hunian. Pilih barang yang benar-benar penting saja dan serasi dengan gaya minimalis.

Sisanya bisa Anda buang atau jika masih layak pakai dapat Anda jual dengan harga miring. Dengan sedikitnya jumlah barang di dalam hunian maka akan membuat ruang lebih lapang dan nyaman.

4. Bebaskan lantai

Untuk menampilkan nuansa minimalis yang lebih kental, hindari menutup lantai dengan karpet. Tanpa alas lantai ruang menjadi terlihat lebih clean.

Jika Anda merasa terlalu kosong, tambahkan tanaman hijau di beberapa sudut ruang. Tapi apabila Anda tetap ingin menggunakan karpet sebaiknya pilih motif dan warna yang cerah atau putih.

5. Biarkan polos

Kita kerap meletakkan hiasan seperti vas bunga atau ornamen di atas meja maupun kabinet. Mulai sekarang biarkan meja Anda polos tanpa hiasan. Desain minimalis cenderung menghindari pernak-pernik menonjol.

(Simak juga: Ragam pilihan apartemen bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp200 jutaan)

Anda bisa menggantinya dengan menaruh tumpukan majalah arsitektur atau fashion untuk menarik perhatian para tamu.

6. Dinding polos

Gaya minimalis cenderung membiarkan dinding kosong atau tanpa hiasan sama sekali. Jika Anda merasa dinding polos terlalu sepi, tambahkan satu hiasan yang serasi dengan gaya minimalis.

Idealnya, warna dinding terefleksikan pada warna furnitur. Gunakan bingkai foto atau bingkai lukisan yang ramping dan simpel.

 

Dian Probowati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: