Rabu, 20 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kemenkumham Umumkan Hasil Seleksi Kompetensi Dasar CPNS

Posted: 20 Sep 2017 09:30 PM PDT

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengumumkan‎ hasil seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pengumuman ini bagi peserta dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis, dokter dan sarjana.

Seperti yang dikutip Liputan6.com, dari situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), di Jakarta, Kamis (21/9/2017),‎ kelulusan didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 22 Tahun 2017 tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar seleksi CPNS 2017.

Berdasarkan perturan tersebut, peserta harus memenuhi nilai ambang batas 143 untuk tes karakteristik pribadi, nilai 80 untuk tes intelegensia umum dan 75 untuk tes wawasan Kebangsaan. Tes tersebut dikecualikan bagi peserta dengan kriteria cumlaude, penyandang disabilitas dan kualifikasi pendidikan dokter spesialis ditentukan berdasarkan ranking.

Sedangkan berdasarkan Peraturan Permerintah Nomor 11 Tahun 2017, tentang manajemen Pegawal Negeri Sipil, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB Nomor 20 Tahun 2017 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan eleksi CPNS 2017, menetapkan jumlah peserta yang dapat mengikuti SKB paling banyak tiga kali dari jumlah kebutuhan masing-masing jabatan, berdasarkan peringkat nilai yang telah memenuhi ketentuan di atas.

Berdasarkan ketentuan tersebut, hasil peringkat secara nasional pada jabatan dokter umum pertama, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis penyakit dalam pertama, dokter spesialis anak pertama, dokter spesialis ginekologi pertama, dokter anastesi pertama, psikolog klinis pertama, pembimbing kemasyarakatan pertama, analis keimigrasian pertama, pemeriksa merek pertama.

Kemudian pemeriksa paten pertama, analis kekayaan intelektual, analisis hukum, analisis perlindungan hak-hak sipil dan hak asasi manusia, penata keuangan, kustodian kekayaan negara, pengelola teknologi informasi, auditor pertama dan perawat pertama sebagaimana terlampir dalam:

Lampiran I daftar peserta yang memenuhi nilai ambang batas, dengan peringkat masing- masing jabatan secara nasional sebanyak 24.235 peserta kriteria umum dan kriteria cumlaude dan disabilitas berdasarkan Surat Kepala BKN Nomor K.26-30/V.106-9/04 Tangga| 18 September 2017.

Lampiran II adalah daftar peserta SKB sebanyak 9.639 peserta sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan RB Nomor 20 Tahun 2017.

Bagi peserta yang tidak termuat dalam lampiran II dinyatakan gugur dan tidak dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu SKB.

berdasarkan hasil keputusan rapat panitia seleksi CPNS Kemenkumham 2017, peserta yang dinyatakan Iulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) adalah sebagaimana dafar nama terlampir.

Bagi para peserta yang tercantum dalam lampiran II, wajib mengikuti SKB yang jadwal pelaksanaannya akan diumumkan pada 4 Oktobar 2017 di laman http://cpns.kemenkumham.go.id.

Sebelumnya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 60 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 1 Pemerintah Daerah (Kalimantan Utara) mulai Senin ini. Sebelumnya, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) telah lebih dulu membuka pendaftaran CPNS 2017.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Herman Suryatman menjelaskan, dengan dibukanya pendaftaran CPNS 2017 di 60 kementerian dan lembaga serta satu pemerintah daerah ini, maka calon pelamar memiliki lebih banyak pilihan.

Namun, banyaknya pilihan juga harus dibarengi dengan kecermatan dan ketelitian sebelum menentukan jabatan apa dan instansi mana yang akan dilamar. Berbagai pertimbangan harus dikedepankan, mulai dari minat hingga peluang untuk bisa lolos.

Herman mengingatkan agar masyarakat teliti serta tidak tergesa gesa dalam mendaftar. Sebab, satu pelamar hanya diperbolehkan melakukan satu kali pendaftaran pada satu jabatan di satu Kementerian dan Lembaga. "Pelamar hanya boleh mendaftar pada satu instansi, satu jabatan, dan satu formasi," ujarnya dikutip dalam keterangan tertulis, Senin 11 September 2017.

Sebagai contoh, pelamar yang mendaftar di Kementerian Keuangan, pada jabatan Analis Hukum dan jenis formasi Cum laude, tidak boleh mendaftar lagi pada Kementerian Pemuda dan Olahraga pada jabatan Analis Keolahragaan dan formasi umum.

Herman mengimbau masyarakat agar mendaftar pada kementerian dan lembaga sesuai minat dan kualifikasi, untuk itu harus dipersiapkan berkas berkas sesuai dengan ketentuan masing masing kementerian dan lembaga.

Karena memang setiap kementerian dan lembaga menetapkan persyaratan yang berbeda beda, pelamar diminta membaca dengan teliti dan mencermati seluruh keterangan baik syarat, jadwal pedaftaran, serta mekanisme pendaftaran di masing-masing instansi.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bagi para pelamar CPNS putaran I yang tidak lolos seleksi administrasi, dapat kembali melakukan pendaftaran pada putaran kedua ini.

Para pelamar dapat langsung mengakses website sscn.bkn.go.id untuk melakukan pendaftaran, kemudian bagi pelamar yang ingin mendapat informasi seputar CPNS 2017 dapat mengakses situs resmi pemerintah melalui menpan.go.id dan bkn.go.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persib vs Bali United: Misi Berat Tim Tamu

Posted: 20 Sep 2017 09:30 PM PDT

Laga menarik akan tersaji dalam pekan ke-25 Liga 1 antara Persib Bandung menjamu Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis (21/9). Misi tim tamu untuk kembali ke puncak diyakini sangat berat.

Hal itu sangat beralasan. Sebab, faktanya Persib merupakan salah satu tim yang belum pernah terkalahkan saat menjalani laga kandang di Liga 1 dari 11 kesempatan.

Kondisi itu ditambah performa Atep dan kawan-kawan tengah dalam posisi yang stabil. Dalam enam laga terakhir, mereka sama sekali tak menelan kekalahan, dan tiga di antaranya sukses direbut dengan kemenangan.

Apalagi, Persib punya sosok Raphael Maitimo yang bisa jadi kunci. Maitimo pernah mencetak gol ke gawang Bali United saat uji coba sebelum Liga 1.

Terlebih, mantan pemain Arema FC tersebut dalam lima laga terakhir sukses cetak empat gol dan satu assist untuk Maung Bandung. Jelas kinerjanya sangat dinantikan tuan rumah dalam laga nanti.

"Kami sudah siap melawan Bali United. Kami sudah matangkan strategi sejak kemarin batal lawan Borneo FC. Kami sudah latihan set piece untuk manfaatkan bola mati," ungkap Asisten Pelatih Persib, Herrie Setyawan.



Sementara, Bali United datang ke Bandung dengan misi amankan puncak klasemen.  Serdadu Tridatu bisa memanfaatkan kesialan Persib kala bermain sore hari.

Persib sudah tiga kali main sore hari dan tak pernah meraih kemenangan. Mereka kalah 0-1 di markas Perseru Serui, imbang tanpa gol kontra Persipura di Mandala, dan seri 2-2 oleh Semen Padang di markas.

Kondisi ini jelas akan dimanfaatkan oleh Irfan Bachdim dan kawan-kawan. Terlebih, mereka punya mesin gol mutakhir, yakni Sylvano Comvalius. Striker Belanda itu sudah mengemas 8 gol dalam lima laga terakhir.

"Kami ke sini juga punya tekad, kalau memang Tuhan mengizinkan ingin berbagi poin atau tiga poin terserah nanti jalannya pertandingan," ujar Pelatih Widodo Cahyono Putro.

- Persib acap telat panas di Liga 1. Buktinya baru satu gol saja yang mereka ciptakan pada 15 menit pertama.

- Di lain sisi, Bali United justru langsung gebrak sejak awal. 16 gol sudah mereka ciptakan kala memulai laga 30 menit pertama.

- Bali United juga mengerikan dalam laga tandang. Dalam lima tandang terakhir, mereka sudah meraih dua kemenangan, dua imbang, dan sekali kalah.

- Kendati begitu, Persib tak semudah itu dibobol lawannya di kandang. Dalam 11 laga kandang, mereka sudah lima kali cleansheets dan baru 8 kali kebobolan alias 0,73 gol per pertandingan.

- Sementara Bali United sudah empat kali gagal mencetak gol dalam 12 laga kandangnya.

Head To Head:
31/05/17 Bali United 1-0 Persib Bandung
08/04/17 Persib Bandung 1-2 Bali United
18/09/16 Bali United 1-0 Persib Bandung
14/05/16 Persib Bandung 2-0 Bali United
21/02/16 Bali United 1-1 Persib Bandung

5 Laga Terakhir Persib:
12/08/17 Arema 0 – 0 Persib
20/08/17 Persib 6 – 0 Gresik United
28/08/17 Persipura 0 – 0 Persib
04/09/17 Sriwijaya 1 – 4 Persib
09/09/17 Persib 2 – 2 Semen Padang

5 Pertandingan Terakhir Bali United:
24/08/17 Semen Padang 1 – 3 Bali United
27/08/17 Bali United 6 – 1 Mitra Kukar
03/09/17 Bali United 5 – 1 Persela
11/09/17 Borneo 0 – 0 Bali United
15/09/17 Bali United 2 – 1 Persija

Persib Bandung: Muhammad Natshir, Achmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto, Henhen Herdiana, Hariono, Michael Essien, Febri Hariyadi, Raphael Maitimo, Shohei Matsunaga, Ezechiel N'Douassel

Bali United: IMade Wardana, Agus Nova, Ahn Bhyun K, Ricky Fajrin, Andhika, Fadil Sausu, Taufiq, Irfan Bachdim, Nick van der vel den, Stefano Lilipaly, Sylvano Comvalius.

Eka Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Tanpa Zack Lee, Nafa Urbach Urus Anak Sendirian

Posted: 20 Sep 2017 09:30 PM PDT

Nafa Urbach sepertinya sudah siap menjadi orangtua tunggal dari putrinya, Mikhaela Lee Jowono. Sejak pisah rumah dari Zack Lee, pesinetron Deru Debu itu mengurus Mikhaela sendirian.

‎Mulai dari mempersiapkan keperluan pribadi hingga antar-jemput Mikhaela dilakukan Nafa Urbach sejak sebulan terakhir.

(Instagram/nafaurbach)


"Dia (Nafa) kalau enggak syuting, pasti dia antar-jemput anaknya sekolah. Dia memang agak sedikit bicara soal anaknya," kata pengacara Nafa Urbach, Sandy Arifin kepada Liputan6.com baru-baru ini.

Meski begitu, bukan berarti hubungan Nafa Urbach dengan Zack Lee ‎memburuk. Keduanya sudah sepakat berpisah baik-baik. Bahkan Nafa-Zack juga telah membuat kesepakatan bersama dalam hak asuh Mikhaela.

"Jadi anak diasuhnya tetap bersama. Walau sementara ini tinggal sama mamanya, tapi kapan pun ayahnya mau bertemu diperbolehkan. Dan bisa izin juga kalau mau ajak anaknya pergi ke luar," ujar Sandy Arifin.

"Mereka sudah sepakat untuk pisah baik-baik. Kalau ditanya masalahnya apa, lebih ke prinsip aja. Jadi masing-masing punya konsep dan pemikiran berbeda. Sudah enggak sejalan lagi lah," ia menambahkan.‎

 (Instagram/nafaurbach)

Nafa Urbach dan Zack Lee menikah pada 16 Februari 2007 di Gereja Immanuel, Jakarta Pusat. Selama 10 tahun menikah, keduanya dikaruniai seorang anak bernama Mikhaela Lee Jowono yang lahir pada 8 Februari 2011.

Beberapa waktu terakhir rumah tangga Nafa-Zack memang sedang diguncang isu tak sedap. Permasalahan mereka terendus setelah Zack Lee kerap tampil mesra dengan wanita lain di sebuah kelab malam. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ISTA 2017 Tetapkan 17 Peraih Penghargaan

Posted: 20 Sep 2017 09:25 PM PDT

Proses penilaian ajang penghargaan "Indonesia Sustainabale Tourism Award (ISTA) 2017" telah selesai dilakukan. Sebanyak 17 pengelola destinasi ditetapkan sebagai pemenang karena dinilai telah menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan secara resmi akan dilakukan pada malam penganugerahan "Apresiasi Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia (APDPI) 2017", yang berlangsung pada Jumat (29/9/2017), di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Salah satu dewan juri yang juga menjabat Asisten Deputi Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata, Frans Teguh, menjelaskan bahwa proses penilaian dilakukan melalui berbagai tahapan. Pertama, proses pendaftaran. Tercatat, 96 peserta pendaftar.

"Setelah melalui proses desk evaluation, maka terpilih sebanyak 24 pengelola destinasi sebagai nominasi penerima ISTA 2017," ujar Frans.

Setelah penetapan 24 nominasi, kemudian dilakukan visitasi lapangan ke seluruh nominator tersebut. Tahapan yang juga bagian dari penilaian ini dilakukan pada 10 Agustus hingga 7 September 2017.

"Penentuan pemenang terhadap 24 nominasi oleh tim juri dilakukan pada 9 September 2017. Melalui proses inilah kemudian terpilih 17 nominasi yang ditetapkan sebagai pemenang dalam empat kategori, yaitu Pengelola Destinasi Pariwisata, Pemanfaatan Ekonomi untuk Masyarakat Lokal, Pelestarian Budaya bagi Masyarakat dan Pengunjung, serta kategori Pelestarian Lingkungan," ucap Frans.

Satu nominasi yang memperoleh nilai tertinggi di seluruh kategori akan terpilih sebagai juara umum dan memperoleh penghargaan Green Platinum. Sementara itu, 12 nominasi memperoleh penghargaan Green Gold, Silver dan Bronze, serta empat nominasi memperoleh penghargaan Green.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman, menjelaskan bahwa proses penilaian terhadap para nominasi didasarkan pada kriteria penilaian Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

Pedoman tersebut mengadopsi standar internasional Global Sustainable Tourism Council (GSTC) yang telah diakui oleh UNWTO dan dijadikan sebagai acuan bagi pemerintah, Pemerintah Daerah (Pemda), dan pemangku kepentingan lainnya.

"Selanjutnya penerapan kriteria dan indikator di dalam pedoman juga akan menjadi dasar skema sertifikasi destinasi pariwisata berkelanjutan di Indonesia," kata Dadang.

Ia melanjutkan, ISTA merupakan ajang pemberian penghargaan kepada destinasi-destinasi maupun entitas pemangku kepentingan (stakeholders) pariwisata di Indonesia yang sudah berproses dan menunjukkan hasil dari penerapan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.

Ajang penghargaan ini, imbuh Dadang, juga dimaksudkan untuk memberikan pengakuan kepada upaya para pihak dalam menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan, serta mendorong lahirnya beragam inovasi produk-produk pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, juga menggerakkan partisipasi dan kerja sama sektor publik maupun swasta dalam pembangunan pariwisata di tingkat destinasi, serta menstimulasi semakin banyak destinasi yang mengaplikasikan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.

"Ajang ini juga menegaskan komitmen pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata, dalam membangun sektor pariwisata yang berkelanjutan," ujar Dadang.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi pihak-pihak yang telah menerapkan prinsip berkelanjutan dalam pengelolaan pariwisata. Ajang penghargaan ISTA merupakan bagian dari bentuk apresiasi kepada pihak-pihak tersebut.

Untuk mengeskalasi pencapaian di tingkat Nasional, ucap Arief, nantinya destinasi pemenang akan diajukan ke ajang penghargaan serupa di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA).

"Melalui ISTA 2017 ini, destinasi-destinasi akan semakin terdorong menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan karena gaung penghargaan juga akan menjadi ajang promosi dan branding di tingkat nasional maupun internasional. Dampaknya pun pada kunjungan wisata ke Indonesia yang semakin meningkat," kata Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Kim Jong-un Semringah Lihat Kebun Apelnya Subur

Posted: 20 Sep 2017 09:25 PM PDT

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un memetik apel ketika mengunjungi sebuah perkebunan buah di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un memetik apel ketika mengunjungi sebuah perkebunan buah di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un tersenyum melihat kebun apel yang tampak subur dalam kunjungannya di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un tersenyum melihat kebun apel yang tampak subur dalam kunjungannya di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un tersenyum ketika mengunjungi sebuah perkebunan buah apel di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un tersenyum ketika mengunjungi sebuah perkebunan buah apel di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un  terlihat puas saat melihat apel-apel yang siap panen saat mengunjungi sebuah perkebunan  di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un terlihat puas saat melihat apel-apel yang siap panen saat mengunjungi sebuah perkebunan di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un memeriksa apel-apel yang sudah panen saat mengunjungi sebuah perkebunan  di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un memeriksa apel-apel yang sudah panen saat mengunjungi sebuah perkebunan di Kwail County, provinsi Hwanghae Selatan pada foto yang dirilis Kamis (21/9). (STR / KCNA VIS KNS / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangunan Kotagede Diseragamkan Demi Tarik Wisatawan

Posted: 20 Sep 2017 09:20 PM PDT

Kotagede sudah menjadi salah satu spot lokasi wisata di Yogyakarta. Bentuk bangunan Kotagede yang khas menjadi daya tarik wisatawan. Sehingga bentuk bangunan Kotagede diharapkan dapat terjaga.

Erwito Wibowo, Ketua Badan pengelola kawasan cagar budaya Kotagede mengatakan untuk menjaga bentuk bangunan di wilayah Kotagede harus dilakukan bersama-sama. Mulai dari warga hingga tingkat pemerintah terutama dinas perijinan. Sebab masih ada bangunan baru yang meninggalkan corak bentuk bangunan yang bercirikhaskan Kotagede.

"Pelestarian itu juga harus bersinergi dengan dinas perijinan. Mereka Setiap hari mengurusi 1000 ijin namun tetap saja lolos. Namun tetep muncul yang tidak mengambil tata ruang Kotagede," ujarnya beberapa waktu lalu.

Erwito mengatakan beberapa bangunan baru di wilayah Kotagede khususnya di seputaran masjid Agung Mataram Jogja Kotagede. Seperti bangunan tidak lebih tinggi dari masjid tersebut. Padahal ada peraturan daerah yang mengatur bangunan baru di Kotagede.

"Mulai banyak dan selalu bertingkat dan baru. Alasan bernilai ekonomi kami beli sangat mahal. Di kawasan Deket masjid itu ada satu tiga lantai," katanya.

Menurutnya lolosnya ijin bangunan baru itu juga peran warga sekitar. Sebab ijin bangunan baru itu tidak akan lolos jika warga sekitar tidak mengijinkan. Sehingga perlu ada peran warga untuk mengetahui bentuk bangunan baru yang akan dibangun.

Kotagede sudah menjadi salah satu spot lokasi wisata di Yogyakarta. Bentuk bangunan Kotagede yang khas menjadi daya tarik wisatawan.

"Mengeluarkan bangunan. Selama ini dibiarkan. Ijin di Bantul tapi ijinnya kanan kiri Ok ya ijin Ok. Sosialisasi juga tidak berjalan," katanya.

Ia mengaku tidak masalah dengan bangunan baru di Kotagede bahkan untuk bangunan bertingkat. Asalkan bentuk bangunan baru itu memunculkan ciri khas Kotagede. Mulai dari pernak pernik yang khas di Kotagede.

"Boleh bertingkat asal diluar situs. Asal mengambil elemen masa lalu untuk mengesankan bangunan Kotagede. Selama ini kan pengetahuan material baru maka itu merusak karena tidak menyeleraskan Kotagede," katanya.

Erwito mengatakan ada tiga pilihan rumah khas Kotagede yang bisa dipilih yaitu model kalang, India dan Jawa. Tiga model bangunan bisa membuat Kotagede kembali kuat sehingga kuat untuk menarik wisatawan. Salah satu contoh bangunannya ada di wilayah Tegal gendu Kotagede.

"Rawing bangunan khas Kotagede, Pakem rumah Jawa. Kalang dan Indis. Kalo Jawa pendopo. Limasan tanpa sokoguru. Kampung. Kalang itu dalam joglo luarnya Eropa indis gotik. Itu diterapkan orang kalang dulu. Ragam hias misalnya lesplang gaya kotagede. Simetris. Konsul kayu bentuk jendela. Lorong lorong membentuk lingkungan khas Kotagede," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpose Akrab Bareng Minho SHINee, Ayu Ting Ting Takut Di-bully?

Posted: 20 Sep 2017 09:20 PM PDT

Minho SHINee singgah ke Jakarta untuk mengisi sebuah acara penghargaan yang digelar oleh salah satu stasiun televisi swasta. Tentunya acara ini juga dimeriahkan oleh bintang-bintang Tanah Air papan atas, salah satunya adalah Ayu Ting Ting.

Ayu Ting Ting pun merasa beruntung. Di belakang panggung ia bisa berinteraksi langsung dengan anggota boyband kenamaan asal Negeri Ginseng tersebut. Bahkan mereka sempat mengabadikan momen bersama.

"Annyeong haseyo ❤" tulis Ayu Ting Ting dalam keterangan foto di akun Instagram pribadinya, Kamis (21/9/2017). Ayu Ting Ting yang anggun dengan gaun putihnya terlihat berdiri dengan tubuh mendekati Minho.

Sementara pria bermarga Choi itu memamerkan pose V sign sembari menunjukkan senyum semringahnya ke hadapan kamera, begitu pula dengan Ayu Ting Ting. Tak cuma satu foto, beberapa jam kemudian, ibunda Bilqis Khumairah Razak ini mengunggah foto yang kedua.

"ITA ❤" tulis pelantun lagu "Kamu Kamu Kamu" itu. Jika foto pertama bernuansa santai, kali ini keduanya kompak berpose dengan gaya yang lebih formal. Sayangnya, Ayu Ting Ting mematikan kolom komentar dalam unggahannya itu. Sehingga, tak diketahui seperti apa reaksi warganet saat  melihat unggahan ini.

Mungkinkah Ayu Ting Ting mematikan komentarnya, agar tak ada komentar negatif atas unggahan tersebut? Seperti diketahui, selama ini pedangdut tersebut cukup dikenal memiliki banyak haters. 

Minho telah tiba di Jakarta sejak Selasa (19/9/2017) malam. Rencananya Minho akan kembali ke negara asalnya pada Kamis (21/9/2017).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Ikutan Kuis Sepeda Jokowi untuk Perempuan Indonesia

Posted: 20 Sep 2017 09:16 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menggelar kuis berhadiah sepeda. Kali ini, Jokowi menyelenggarakan kuis sepeda khusus untuk perempuan bertajuk #Jokowi Menjawab Edisi Perempuan.

"Mau dapat hadiah sepeda dari saya?" tulis Jokowi di akun Fanpages Facebook Presiden Joko Widodo, seperti dikutip Liputan6.com, Kamis (21/9/2017).

Khusus untuk para wanita, Jokowi tidak memberi tantangan atau pertanyaan tertentu. Sebaliknya, Jokowi mengajak wanita Indonesia untuk mengajukan pertanyaan apa pun kepadanya.

"Saya mengajak remaja putri, wanita karir, ibu-ibu rumah tangga, mengajukan pertanyaan dalam bentuk video untuk #JokowiMenjawab edisi kedua," lanjut Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu punya alasan tersendiri dalam membuat kuis khusus perempuan ini. Jokowi menilai, suara perempuan sangat penting dalam pembangunan Indonesia.

"Kenapa para perempuan? Karena suara perempuan Indonesia begitu penting. Perempuan punya peran yang besar dalam mendorong pembangunan bangsa dan negara," tutur Jokowi.

Syarat untuk ikut kuis ini adalah perempuan berusia 15-64 tahun yang harus merekam pertanyaan dalam bentuk video dan mengunggahnya di Youtube.

Panjang video maksimal 1 menit dan tema pertanyaan bebas. Peserta kemudian harus mencantumkan link video Youtube tersebut di kolom komentar akun Fanpages Facebook Presiden Jokowi dengan tagar #JokowiMenjawab.

Kuis ini ditutup 26 September 2017.

"Saya tunggu ya videonya," pungkas Jokowi.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Gelar Workshop Penyelarasan Kemitraan Co-Branding

Posted: 20 Sep 2017 09:15 PM PDT

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Workshop Penyelarasan Kemitraan Program Co-Branding di Hotel Golden Flower, Kagum Group, Bandung, pada 19-20 September 2017. Program ini adalah sebuah forum yang digagas Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk mengajak merk-merk di seluruh Tanah Air berpartisipasi mempromosikan pariwisata Indonesia melalui co-branding partnership dengan brand Indonesia, yaitu Wonderful Indonesia (WI) untuk pasar global dan brand Pesona Indonesia (PI) untuk pasar domestik.

Workshop ini dibuka Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Nusantara Esthy Reko Astuti, dan diisi pemateri yang sangat kompeten, seperti Priyantono Rudito (Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Strategis), Merry Ruslina Ambarita (Kepala Bagian Peraturan Perundang- Undangan, Biro Hukum dan Komunikasi Publik), Vita Datau (Tenaga Ahli Program Co-Branding), Kemal Gani (Tenaga Ahli Program Co-Branding), Yuswohady (Tenaga Ahli Program Co-Branding), dan Budi Rizanto Binol (Tenaga Ahli Program Co-Branding).

"Dengan semangat Indonesia Incorporated itulah Kemenpar mengajak brand-brand dan perusahaan-perusahaan besar, menengah, maupun kecil di seluruh Tanah Air untuk melakukan kolaborasi melalui co-branding partnership dengan brand WI/PI. Diharapkan kolaborasi dan sinergi brand WI/PI dengan brand atau perusahaan di seluruh Tanah Air akan semakin intensif lagi. Dengan demikian partisipasi brand/perusahaan dalam mempromosikan sektor pariwisata juga akan semakin besar," ujar Esthy, didampingi Plt. Asisten Deputi (Asdep) Strategi Pemasaran, Nusantara Hariyanto.

Ia menjelaskan, Workshop Penyelarasan Kemitraan Program Co-Branding merupakan rangkaian dari kegiatan Wonderful Indonesia Co-Branding Forum (WICF) yang telah dilaksanakan pada 10 Agustus 2017 di Balairung Soesilo Soedarman. WICF telah menghasilkan Nota Kesepahaman antara 28 brand untuk melakukan co-branding. Beberapa merk itu antara lain Martha Tilaar, JJ Royal, Sarinah, Garuda Food, Alleira, Sababay Winery, Secret Garden, dan Krisna oleh-oleh.

Implementasi kerja sama co-branding dapat dilakukan melalui pemasangan logo WI/PI di produk dan kemasan, venue dan outlet, material promosi, media online, event, dan produk khusus.

"Kalau sampai brand-brand hebat Tanah Air maupun brand-brand global di Indonesia berbondong-bondong menyukseskan program ini, maka bisa dipastikan Wondeful Indonesia/Pesona Indonesia akan semakin mencorong, enggak hanya di tingkat lokal, tapi juga global," ucap Esthy.

Hariyanto menambahkan, workshop ini bertujuan untuk menghasilkan formula strategi serta langkah-langkah penyelarasan kemitraan dengan 28 brand atau perusahaan yang sudah menandatangani nota kesepahaman (NK) dalam bentuk rancangan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Juga, alur proses bisnis seluruh rangkaian kerja sama co-branding.

"Dengan demikian, nantinya akan diperoleh rancangan Perjanjian Kerja Sama Co-Branding Promosi Pariwisata Indonesia. Brand yang sudah melakukan Perjanjian Kerja Sama Co-Branding akan mendapatkan beberapa keutungan seperti fasilitasi dalam bentuk media placement, fasilitasi dalam kegiatan MICE (Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition), serta event atau festival budaya, alam, dan buatan," kata Hariyanto.

Sementara itu, Priyantono Rudito memaparkan, dalam ilmu branding, sederhananya co-branding adalah partnership antara dua brands yang berbeda. Kedua brand biasanya sepadan kekuatan ekuitas merknya (brand equity). Tujuannya adalah sinergi.

"Definisi paling gampang dari sinergi adalah 1 + 1 = 5, 7, bahkan 10, bukan 2. Artinya, hasil co-branding lebih besar dari jumlah bagian-bagiannya," ujarnya.

Di kategori yang berbeda, tambah Priyantono, co-branding adalah alat ampuh untuk menarget segmen pasar yang sama. Saat Piala Dunia misalnya, TV Samsung melakukan co-branding dengan Kacang Garuda untuk menarget pasar yang sama, yaitu para penonton Piala Dunia yang biasanya makan kacang sambil nonton bola.

Bisa juga kedua brand yang melakukan co-branding "bertukar" pasar untuk memperluas jangkauan pasarnya, seperti co-branding antara Garuda Indonesia dan Citibank. Garuda Indonesia memanfaatkan customer Citibank, begitu juga sebaliknya.

"Dan jangan lupa, co-branding juga bisa menghemat spending dari masing-masing brand dalam building brand. Kalau memang pasarnya beririsan dan sama, ngapain masing-masing brand harus keluar biaya sendiri-sendiri. Lebih baik disatukan di satu billboard, TVC, atau print ad yang sama. Jadi di situ terjadi sharing resources," ucap Priyantono,

Di kegiatan tersebut, Kemenpar juga mengundang 60 peserta dari perwakilan lima brand yang sudah menandatangani Nota Kesepahaman, yaitu PT. Kalbe Farma, Garuda Food, Tiket.com, Papatonk, dan Sekar Grup. Selain itu, tujuh brand yang belum menandatangani Nota Kesepahaman juga diundang, yakni PT. Kereta Api Indonesia, PT. Kereta Api Pariwisata, Bank Rakyat Indonesia, Aqua, Whitesky, Alfaland, dan PT. Pelni.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, memberikan apresiasi diadakannya workshop yang dilandasi semangat Indonesia Incorporated ini. Menurutnya, branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan secara sendirian oleh Kemenpar.

"Untuk mewujudkan brand WI di pasar global dan brand PI di pasar domestik, dibutuhkan kebersamaan dan sinergi seluruh elemen bangsa dalam kerangka Indonesia Incorporated. Dengan kolaborasi dan bekerja bersama-sama kita akan 'Bigger-Broader-Better together'", kata Arief.

Dia menjelaskan, inisiatif co-branding partnership ini diluncurkan untuk memanfaatkan momentum meroketnya kinerja brand WI/PI, terlihat dari brand equity WI/PI kini sudah sangat kokoh sebagai hasil pengembangan selama 2,5 tahun terakhir.

Brand WI/PI kini kian melejit di tengah menurunnya kinerja merk-merk pesaing regional. Pada 2013, brand WI praktis tidak dikenal di dunia karena berada di posisi 70 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum (WEF). Namun, pada 2015, peringkat kita naik pesat di posisi 50 dari total 141 negara, dan tahun ini naik 8 peringkat ke posisi 42 dunia.

"Menariknya, kinerja pariwisata Indonesia naik 8 level, di saat Malaysia turun 2 peringkat di posisi 26, Singapura juga turun 2 peringkat dan Thailand naik hanya 1 peringkat di papan 34. Tak hanya itu, kini brand WI sudah menjadi global brand karena exposure kita di mancanegara sudah cukup masif, seperti armada bis di ajang Piala Eropa 2016 dan billboard di Times Square, New York," ujar Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapan Tanggul Laut Antibanjir Jakarta Dibangun?

Posted: 20 Sep 2017 09:15 PM PDT

Pemerintah akan memutuskan pembangunan tanggul laut pencegah banjir di Jakarta pada 2020 mendatang. Pemerintah tengah menimbang urgensi dari pembangunan tanggul laut tersebut.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, keputusan untuk membangun tanggul laut tergantung dari intensitas banjir di Jakarta.

"Maksudnya tahun 2020 sudah harus ada keputusan apakah tanggul laut diperlukan atau tidak, tergantung kemiringan tanah dan intensitas banjir rob," kata dia kepada Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (22/9/2017).

Sementara, untuk menahan banjir di Jakarta, pemerintah tengah membangun tanggul pantai di wilayah utara Jakarta. Adapun tanggul pantai yang dibangun memiliki panjang sekitar 20 km. Tanggul ini merupakan bagian dari Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

"Tahap pertama tanggul pantai 20 km harus segera dikerjakan," ujar dia.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan, tanggul yang bakal dibangun di wilayah utara Jakarta membentang sepanjang 120 km.

Pembangunan tanggul dibutuhkan lantaran, terjadi penurunan muka tanah 2-20 cm per tahun atau rata-rata 7,5 cm per tahun. Jika dibiarkan, 90 persen atau seluas 12.500 ha wilayah Jakarta akan terendam oleh air atau banjir pada 2030.

Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR, Hari Suprayogi mengatakan, dari 120 km tanggul yang akan dibangun, 60 km merupakan tanggul pantai dan sisanya 60 km merupakan tanggul untuk muara sungai.

"Tanggul pantai 60 km terdiri dari sebagian besar Jakarta. Tangerang nggak sampai 1 km hanya ratusan meter, Bekasi 6 km. Itu ditambah dengan muara-muara, yang masuk sungai kira-kira 60 km juga. Jadi totalnya 120 km," kata dia pertengahan Agustus lalu di Kalibaru, Jakarta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Bappenas telah menerbitkan updated masterplan NCICD yang mencakup tiga tahap yakni tahap darurat (D), tahap menengah (M), dan tahap optional (O). Tahap D merupakan tahap yang mesti diselesaikan, di mana mesti dibangun tanggul pantai dengan panjang 20,1 km (quick wins). Tanggul pantai ini diperkirakan rampung pada 2019.

"Kalau yang darurat yang quick win 20,1 km. Dari 60 km, itu 20,1 km itu yang paling kritis," kata Hari.

Kementerian PUPR sendiri tengah membangun tanggul pantai sepanjang 4,5 km. Hari mengatakan, tanggul pantai ini dibuat di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, dengan panjang 2,3 km. Lalu, sepanjang 2,2 km di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Kementerian PU-PR akan kembali membangun tanggul pantai sepanjang 1,5 km. Sisanya, akan dibangun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan swasta.

"Di sini 2,2 km (Kalibaru), di sana (Muara Baru) 2,3 km. Tahun depan masih butuh kira-kira 1,5 km lagi untuk mencapai 20 km," dia menambahkan.

Sejalan dengan itu, dia menuturkan, Kementerian PUPR juga akan memperbaiki pasokan air baku. Dengan begitu, diharapkan bisa mengurangi pemanfaatan air tanah yang berkontribusi pada penurunan muka tanah.

"Kita paralel kita penuhi air baku sehingga nggak ambil air tanah. Karena yang menyebabkan salah satunya pengambilan air tanah. Air tanah setop, sambil kita bangun tanggul," ujar dia.

Hari mengatakan, pembangunan tanggul sepanjang 20,1 km bersifat mendesak. Jika itu tak cukup meredam banjir, pemerintah akan mengambil tahap pembangunan menengah (M) ataupun optional (D).

"D itu darurat yang quick win ini yang darurat. Kalau darurat masih (banjir),walaupun sudah kita di-supply air baku, sudah nggak ambil air salah satu aja, itu masih turun (muka tanah), nanti justru tanggul yang di luar yang orang bilang giant sea apalah. Itu kan dalam rangka jangka menengah. Kalau jangka menengah masih nggak setop ada opsi. Ini kita tunggu aja," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jepang Terbuka: Fajar / Rian Dijegal Pasangan Tuan Rumah

Posted: 20 Sep 2017 09:15 PM PDT

Langkah Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto di Jepang Terbuka Super Series 2017 dijegal wakil tuan rumah. Ganda putra Indonesia itu menyerah 19-21 dan 19-21 dari Takuto Inoue / Yuki Kaneko dalam 43 menit.

Kekalahan di Jepang Terbuka menjadi yang ketiga dialami Fajar / Rian dari Takuto / Yuki. Sebelumnya pada Malaysia Masters 2017, Mereka juga kalah dengan skor 21-10, 11-21, dan 17-21.

Game pertama berlangsung cukup ketat. Namun, Fajar / Rian masih sulit untuk menguasai jalannya pertandingan. Masuk ke game dua, Fajar / Rian sebenarnya berpeluang untuk bisa menang karena selalui mengungguli lawan. Tetapi, mereka kembali gagal setelah unggul 18-15 dan 19-18.

"Di game kedua kami nggak bisa memanfaatkan kesempatan. Sudah sempat leading tiga poin, tapi malah kebalik lagi. Hal ini sering sekali terjadi di kami. Kami coba ngotot terus, tapi kurang tenang," kata Fajar usai pertandingan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Kamis (21/9/2017) pagi.

"Mereka sebenarnya polanya gitu-gitu aja. Cuma mereka lebih nggak gampang mati dan tenang di lapangan dibanding kami," timpal Rian.

Dengan tersingkirkan Fajar / Rian, ganda putra kini tinggal menggantungkan harapan pada Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon di Jepang Terbuka. Finalis Korea Terbuka Super Series 2017 itu ditantang pasangan tuan rumah, Takuro Hoki / Yugo Kobayash. Dari empat pertemuan sebelumnya, Kevin / Marcus selalu menang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Yang Diingat Indadari tentang Lucky Hakim

Posted: 20 Sep 2017 09:08 PM PDT

Meski hubungannya dengan sang mantan tetap terjalin baik, Indadari memastikan tak pernah bercerita masalah apa pun kepada Lucky Hakim.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Nobatkan Menlu RI Sebagai Agen Perubahan Dunia

Posted: 20 Sep 2017 09:01 PM PDT

Atas terobosannya dalam penanganan berbagai isu global yang meliputi diplomasi kemanusiaan dan perdamaian, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, menerima penghargaan dari UN Women dan Global Partnership Forum (GPF) sebagai Agen of Change.

Acara penganugerahan ini sendiri digelar di sela-sela Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Rabu 20 Sepetember 2017.

Pemberian award ini merupakan pengakuan atas berbagai terobosan yang dilakukan oleh Menlu Retno Marsudi, khususnya dalam memajukan Agenda 2030 dan pembangunan berkelanjutan.

"Indonesia akan terus berkontribusi pada perdamaian, keamanan dan kesejahteraan dunia. Perempuan telah menjadi kekuatan dan bagian dari solusi untuk menyelesaikan tantangan dunia", ujar Retno Marsudi dalam sambutannya.

Saat ini, Indonesia sangat aktif melakukan berbagai upaya untuk membantu penyelesaian krisis di berbagai negara, termasuk di Rakhine State, Myanmar.

Menlu RI telah mengambil prakarsa untuk membangun komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk di Myanmar dan Bangladesh. Formula 4+1 yang ditawarkan Indonesia mendapatkan apresiasi yang tinggi dari berbagai negara.

Melalui Formula 4+1, Indonesia mendorong perlunya pemulihan perdamaian dan stabilitas, menahan diri tidak menggunakan kekerasan, perlindungan bagi semua warga tanpa memandang agama dan suku, serta akses bantuan kemanusiaan.

Disamping itu, Indonesia juga mendorong implementasi dari rekomendasi yang diusulkan dalam Kofi Annan Report.

Selanjutnya, Menlu Retno Marsudi menyebutkan bahwa Indonesia akan selalu berada di garis terdepan dalam mendorong dialog.

Melalui dialog, konflik dapat dicegah dan perbedaan mampu dijembatani. Hal ini diakuinya tidaklah terlepas dari "insting keibuan" yang dimilikinya sebagai seorang perempuan.

UN Women dan GPF menyebut Retno Marsudi adalah Menlu Perempuan pertama RI. Menlu Retno Marsudi dianggap sebagai sosok panutan dan sumber inspirasi bagi jutaan wanita baik di Indonesia maupun dunia.

UN Women adalah lembaga PBB yang bertugas memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. GPF adalah lembaga non-profit yang bertujuan memajukan kemitraan inovatif bagi pembangunan.

GPF memiliki komitmen untuk mendukung PBB dalam memajukan pembangunan berkelanjutan.

"Penganugerahan award ini akan menjadi pendorong agar saya bekerja lebih keras lagi. Bekerja lebih keras bagi rakyat dan bangsa Indonesia, bagi perdamaian dan kesejahteraan global, serta bagi para wanita di seluruh dunia", pungkas menlu Retno.

Terkait dengan krisis Rohingya, beberapa waktu lalu Menlu Retno telah bertemu dengan pemimpin de facto dan State Counsellor Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Menlu Retno pun membeberkan kalimat pertama yang mengawali pembicaraan keduanya.

"Saat saya ketemu Aung San Suu Kyi kalimat pertama yang saya sampaikan, saya datang membawa amanah concern masyarakat Indonesia terhadap (situasi) Rakhine," ucap Retno, saat rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR pada Senin 11 September 2017.

Tidak hanya warga Indonesia. Mantan Dubes RI untuk Belanda tersebut yakin ketika bertemu Suu Kyi, suara masyarakat internasional turut dipikulnya.

"Saya beranikan diri untuk datang membawa harapan masyarakat internasional," ujarnya.

Saat melakukan lawatan ke Myanmar awal bulan ini, Retno melakukan pertemuan dengan sejumlah pejabat tinggi di sana.

Selain bertemu Aung San Suu Kyi, ia juga bertatap muka dengan Panglima Angkatan Bersenjata serta tiga menteri penting dari kabinet Myanmar.

 

 

Simak video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Terburu-Buru Pukul Kulkul Bulus di Zona Merah Gunung Agung

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menyebutkan sekitar 50 ribu warga tinggal di zona merah atau radius enam kilometer dari puncak Gunung Agung. Jumlah itu dinilai cukup banyak sehingga memerlukan perencanaan matang jika hendak diungsikan seluruhnya.

"Kalau itu semua harus mengungsi, di mana tempatnya," kata Pastika di Pura Besakih, Karangasem, Kamis, 21 September 2017.

Ia mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Bali untuk menyiapkan hal tersebut. Di dalamnya termasuk persiapan tenda dan logistik bagi para pengungsi.

"Logistik sepeti makanan, tempat tidur, tenda kita sudah siap," ujarnya.

Meski begitu, Pastika meminta warga tak panik menghadapi meningkatnya status Gunung Agung menjadi siaga. Pasalnya, ia mengkhawatirkan jika warga panik, mereka bisa terpancing berita yang tak jelas sumbernya. Ia juga meminta warga tidak buru-buru pukul kulkul bulus (kentongan tanda bahaya).

"Kalau belum jelas betul, jangan dipukul. Desa-desa harus pegang teguh ini. Siapa yang berhak, berwenang mukul kulkul dan siapa yang memerintahkan dia untuk mukul kulkul. Itu sangat penting karena di Bali ini kulkul itu pengaruhnya sangat besar sekali," ujarnya.

Pastika mengaku telah memerintahkan petugas untuk mengungsikan kelompok rentan seperti lansia, orang sakit, balita, ibu hamil dan orang dengan gangguan jiwa. Evakuasi sudah dilakukan sejak Rabu kemarin. Beberapa orang dengan gangguan jiwa, misalnya, sudah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Bangli.

"Diungsikan sekaligus dapat pengobatan. Mereka tidak boleh ada yang dipasung atau dikurung dalam satu rumah. Saya sudah perintahkan semaksimal mungkin ditampung di rumah sakit jiwa," ucapnya.

Selanjutnya, Pastika juga meminta agar warga tak tergesa-gesa menjual hewan ternak mereka, apalagi dengan harga murah. Pastika mengaku telah memerintahkan dipersiapkan tempat penitipan ternak warga.

"Saya akan cek besok sudah dapat belum dan di mana tempatnya," papar dia.

Ia mengimbau warga untuk tidak ramai-ramai menarik uang dari BPD, apalagi uangnya tidak disimpan di brankas BPD, tetapi di bank. "Jangan juga dibawa-bawa duitnya, taruh di bank biar selamat. Kepala desa harus mengajarkan ini, karena mungkin selama ini mereka tidak pernah menyimpan uang di bank," ujar Pastika.

Ia juga menyampaikan agar warga di zona merah Gunung Agung menaruh perhiasan di Pegadaian. Ia mengaku telah berkoordinasi untuk hal tersebut. Sementara, Pastika meminta agar kendaraan bermotor milik warga dititipkan saja di kantor polres.

"Kalau ada kendaraan bermotor dan lainnya titipkan di Polres. Tempat-tempat itu sudah kita siapkan," tutur dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga 1, Siaran Langsung 21 September 2017

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Pertandingan pekan ke-25 Liga 1 berlangsung Kamis (21/9/2017) . Persib Bandung meladeni Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, sementara Semen Padang bertandang ke markas Persiba Balikpapan.

Menjamu Bali United, Persib sudah menyiapkan strategi khusus untuk meredam laju Irfan Bachdim dan kawan-kawan. Sebab, Maung Bandung berambisi menjaga rekor tak terkalahkan di kandang sejauh ini di Liga 1.

"Kami akan memanfaatkan semua yang kami punya termasuk mengasah set piece. Kami pertajam karena itu bisa jadi situasi yang menguntungkan. Jadi semua akan kami coba maksimalkan,"kata asisten pelatih Persib, Herrie Setyawan.

Sedangkan Bali United datang dengan motivasi tinggi ke Kota Kembang. Tim berjuluk Serdadu Tridatu ini ingin mencuri kemenangan demi memperkecil margin poin dengan pemuncak klasemen sementara, Bhayangkara FC.

Saat ini Bali United menempati posisi dua dengan koleksi 48 poin. Sementara Persib masih berada peringkat 10 setelah memainkan 23 laga di Liga 1.

"Kami berharap tuah jadi tuan rumah dan ingin mempertahankannya. Bermain di hadapan bobotoh tentunya jadi penyemangat buat kami. Semoga usaha dan kerja keras ada hasil positif," kata Herrie.

 

Pelatih Bali United, Widodo Cahyono Putro (tengah) dalam jumpa pers jelang laga lawan Persib Bandung, Rabu (19/9/2017). (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Kamis, 21 September 2017

15.00 WIB: Persib Bandung vs Bali United (tvOne)

18.30 WIB: Persiba Balikpapan vs Semen Padang (tvOne)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diminta Kembali Bersama Lucky Hakim, ini Jawaban Indadari

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Tiba-tiba nama Lucky Hakim kembali muncul di tengah proses cerai Indadari dan Caisar. Sebagai mantan suami Indadari, Lucky Hakim memang sempat berkomentar tentang masalah rumah tangga Caisar-Indadari.

Akibatnya, tak sedikit orang yang menginginkan agar Lucky Hakim dan Indadari kembali rujuk.‎ Lantas, apa kata Indadari?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agar Tak Kecanduan, Ini Batas Waktu Anak Main Game Sesuai Usia

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Kecanduan pada game online bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Lantas berapa batas waktu maksimal anak memainkan game sesuai usianya?

American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan anak-anak di bawah usia 18 bulan menggunakan gadget dan mengakses game melalui gadget.

Lalu, ketika usia anak sudah di atas 18 bulan hingga 2 tahun baru diperkenankan mengakses tontonan aplikasi beberapa menit asalkan didampingi orangtua.

"Asal orangtua mendampingi. Diberi batasan waktu, misalnya 15 menit. Awalnya mungkin merajuk, tetapi anak bisa belajar dari perilaku kita yang konsisten menerapkan aturan," tutur Psikolog anak Firesta Farizal di Jakarta, Rabu.

Kemudian, untuk anak 2-5 tahun dan di atas itu para ahli merekomendasikan 1 jam saja memainkan gadget.

"Anaknya enggak akan sampai adiksi. Ketika orangtua sudah cukup peka, harus lakukan sesuatu jangan sampai adiksi. Kalau sampai adiksi butuh bantuan profesional," kata Firesta.

Dia mengingatkan, berbagai risiko negatif akan menghantui anak kala dia mengalami adiksi terhadap gadget dan game antara lain, sulitnya dia berkonsentrasi, tidak punya teman karena terfokus pada dunia game.

"Risiko adiksi terhadap gadget yang biasanya dikeluhkan orangtua, anak susah konsentrasi, enggak punya teman di sekolah. Itu seakan sudah biasa tapi efeknya luar biasa berat untuk anak," tutur dia. 

(Lia Wanadriani Santosa/AntaraNews)  

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Dituding Rebut Suami Orang, Begini Kata Melinda

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Pedangdut Melinda tepergok bermesraan dengan seorang pejabat partai berinisial AD. Kabar itu pertama muncul dari foto yang diunggah sebuah akun gosip Instagram.

Tak sedikit warganet yang ikut mengomentari hubungan Melinda dengan pejabat partai tersebut. Ada yang menyebut, pria tersebut sudah memiliki istri.

Melinda (Deki Prayoga/bintang.com)

"Iya, ada yang bilang begitu? (rebut suami orang). Duh, aku enggak tahu deh, no comment," ucap Melinda, saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2017).

Melinda pun tak mau ambil pusing dengan tudingan miring yang diarahkan kepadanya. Sebaliknya, pelantun lagu "Cinta Satu Malam" itu justru berterima kasih karena secara tidak langsung dirinya telah diingatkan lewat kritikan.

"Saya terima nasih saja. Orang yang nyinyir, itu berarti saya anggap itu support saya. Kritikan itu bagus dan saya berterima kasih untuk mereka yang nyinyir kepada saya. Kalian luar biasa," kata Melinda sambil mengacungkan dua jempolnya.

Melinda [Foto: Gempur Muhammad Surya/Liputan6.com]

Meski enggan menjawab secara gamblang perihal status perkawinan pejabat partai tersebut, Melinda coba meluruskan gosip yang terlanjut berembus.

"Duh enggak tahu, aku no comment. Nanti gue salah lagi ngomong, tanya sendiri aja. Tapi yang aku tahu dia single," ujar penyanyi 35 tahun tersebut. (fei)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Keren Spiderman Atasi Kursi yang Roboh

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Kejadian tak terduga dialami pemeran film Spiderman: Homecoming, Tom Holland. Ketika sedang melakukan konferensi pers pada New York Film Festival, kursi yang didudukinya mendadak roboh.

Dalam video yang diunggah akun YouTube Hollywood Starcast, Tom terlihat sedang duduk bersebelahan dengan aktor Robert Pattinson dalam konferensi pers film terbarunya, The Lost City of Oz.

Tom sedang meletakkan botol minumnya di bawah kursi, tapi penyanggah kursinya tiba-tiba patah dan mengejutkan setiap orang. Seketika Robert Pattinson mulai tertawa akibat kejadian ini. Tom kemudian berdiri sambil membungkuk kepada penonton seolah-olah telah menampilkan sebuah penampilan.

Tom mendapatkan tepuk tangan yang meriah sebelum akhirnya menggeser kursi dan duduk di lantai panggung. Para penonton kembali tertawa melihak aksinya ini, hingga seseorang membawakan kursi baru untuk Tom. Ia mulai duduk di kursi yang baru secara perlahan untuk memastikan kekokohan kursi barunya. Konferensi pers pun kembali berjalan tanpa ada gangguan lain.

Penulis:

Andina Kamia Sunaryo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Tak Buru-Buru Terapkan Face ID untuk iPhone yang Rilis 2018

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Apple baru saja memperkenalkan teknologi keamanan biometrik terbaru yang diberi nama Face ID. Sesuai namanya, teknologi ini memanfaatkan pengenalan wajah untuk membuka perangkat.

Meski menjanjikan, masa depan fitur ini ternyata tak sepenuhnya cerah. Menurut analis dari KGI Securities Ming-Chi Kuo, kelanjutan fitur ini ternyata masih tergantung dari penerimaan pasar.

"Pertanyaan kunci di benak investor apakah model iPhone baru yang rilis di 2018 akan mendukung Touch ID (pengenalan sidik jari). Jawaban itu ternyata mengacu pada penerimaan Face ID di iPhone X," ujarnya seperti dikutip dari Ubergizmo, Kamis (21/9/2017).

Karenanya menurut Kuo, fitur Touch ID tak akan hilang sepenuhnya dan masih akan digunakan pada iPhone yang rilis tahun depan. Bahkan, bukan tak mungkin perusahaan tersebut akan memperkenalkan Touch ID yang lebih mumpuni.

Salah satu rumor yang cukup santer terdengar adalah penggunaan sensor yang diletakkan di bawah layar. Sebelumnya, fitur ini sempat digadang-gadang bakal hadir di iPhone X, tapi nyatanya hal itu tak terjadi.

Perusahaan lebih memilih untuk memperkenalkan Face ID di perangkat yang menjadi penanda kiprah satu dekada iPhone tersebut. Alasannya, tim pengembang merasa teknologi itu lebih siap.

Kendati demikian, teknologi ini masih membutuhkan waktu sebelum akhirnya benar-benar siap digunakan para pengguna iPhone. Namun bukan tak mungkin teknologi ini dapat menuai kesuksesan seperti Touch ID yang sempat diragukan oleh sejumlah pihak.

Sekadar informasi, keputusan Apple untuk menghadirkan Face ID tak lepas dari keamanan yang ditawarkan. Perusahaan itu menyebut tingkat kesalahan pada Face ID 1:1.000.000, sedangkan Touch ID 1:50.000.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Alasan Positif untuk Tetap Berteman dengan Mantan Pacar

Posted: 20 Sep 2017 09:00 PM PDT

Berteman dengan mantan pacar mungkin masih menjadi satu hal yang banyak diperdebatkan. Ada beberapa orang berpendapat bahwa berteman dengan mantan pacar menandakan sudah tidak adanya perasaan yang tersisa, sedangkah beberapa orang lainnya menganggap hal ini sebagai kelainan jiwa.

Dilansir dari sheknows.com, Kamis (12/9/2017), YourTango pernah melakukan survei di tahun 2014 dan menunjukkan bahwa setidaknya 49% orang berpikir masih bisa mempertahankan hubungan pertemanan setelah perpisahan terjadi. Berikut ini adalah beberapa alasan positif berteman dengan mantan pacar.

1. Menghindari kecanggungan
Jika Anda masih tinggal di kota yang sama dan berada di lingkungan sosial yang sama, akan ada kemungkinan besar, Anda bertemu dengan mantan pacar. Menjaga pertemanan dengan mantan pacar akan menghilangkan kecanggungan yang mungkin terjadi ketika saling bertemu.

2. Membuat nyaman orang di sekitar Anda
Anda akan sangat mungkin memiliki lingkaran sosial yang juga merupakan lingkaran sosial dari mantan pacar. Ketika hubungan berakhir, pertemanan dengan semua orang tidak harus diakhiri, Anda yang harus berbesar hati bersikap ketika bertemu dengan mantan pacar.

3. Memberi contoh pada orang lain
Kekuatan dan kesabaran Anda akan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Ketika orang lain mengalami hal yang sama, Anda bisa memberinya saran untuk tetap berteman dengan mantan pacar, karena pernah memiliki pengalaman serupa di masa lalu.

4. Menghidupkan pertemanan lama
Hubungan yang dimulai dari pertemanan atau persahabatan bisa kembali ke awal. Hubungan asmara yang berakhir bukan berarti Anda tidak bisa memiliki satu sama lain sebagai seorang teman.

5. Memperbaiki keterampilan Anda dalam sebuah hubungan
Menjalin sebuah hubungan tidak mudah, percayalah, terutama jika hubungan tersebut berakhir. Anda harus mengambil risiko dan bekerja keras menyeimbangkan kepala dan hati untuk membawa kembali persahabatan dengan mantan pacar.

6. Mendapatkan saran untuk berkencan
Ada keuntungan aneh dari tetap berteman dengan mantan pacar, yaitu Anda bisa mendapatkan saran untuk berkencan kembali dengan orang lain. Ya, mantan pacar adalah orang yang kurang lebih sangat mengenal pribadi Anda.

7. Pertanda kedewasaan
Inilah mengapa beberapa orang memilih berbesar hati tetap berteman dengan mantan pacar. Berakhirnya suatu hubungan menandakan kedewasaan seseorang, tergantung dari bagaimana orang tersebut bersikap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tangkap 3 Tersangka Duel Gladiator Siswa SMA di Bogor

Posted: 20 Sep 2017 08:54 PM PDT

Polisi menangkap tiga tersangka kasus kematian Hilarius Christian Event yang dipaksa duel ala gladiator di Taman Palupuh, Kota Bogor.

Ketiga pelaku tersebut berinisial B, H, dan M. Mereka ditangkap di lokasi berbeda, daerah tempat mereka saat ini menetap.

"Aktivitas mereka di luar kota masih bersekolah. Setelah di-drop out (dikeluarkan dari sekolah) di Bogor, mereka pindah sekolah ke kota lain," kata Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota Kompol Choirudin, Kamis (21/9/2017).

Saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhadap tersangka lainnya yang mengakibatkan siswa SMA Budi Mulia itu tewas karena dipaksa berduel ala gladiator.

"Masih ada beberapa yang masih kita lakukan pengejaran," ujar Choirudin.

Diberitakan sebelumnya, siswa SMA Budi Mulia Kota Bogor, Hilarius Christian Event Raharjo, tewas diduga mengalami kekerasan fisik dalam tradisi "bom-boman".

Anak pasangan Maria Agnes dengan Raharjo ini tewas setelah bertarungan satu lawan satu dengan pelajar sekolah lain dan disaksikan oleh puluhan pelajar lainnya di Lapangan Palupuh, belakang SMAN 7 Kota Bogor.

Pertarungan ala gladiator atau bom-boman ini sebuah tradisi dalam menghadapi event besar, kompetisi liga bola basket (DBL) antarpelajar, yang dimotori oleh para seniornya.

Kasus tersebut sebenarnya terjadi pada Januari 2016. Namun, pada waktu itu, kasusnya telah diselesaikan secara kekeluargaan karena keluarga pun menolak jenazah korban diautopsi. Sementara, para pelaku dikeluarkan dari sekolah.

Namun, kasus ini kembali mencuat setelah ibu korban mengunggah kasus kematian anaknya melalui sebuah akun Facebook dan ditujukan kepada Presiden Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Aksi kekerasan itu merupakan tradisi mereka untuk mengadu kekuatan menjelang pertandingan bola basket kedua sekolah tersebut.

Maria Agnes, ibu korban, mengunggah tulisan yang mengisahkan kronologi kekerasan yang menyebabkan kematian Hilarius Christian Event Raharjo di Facebook.

Menurut Maria, ketika itu putra pertama dari dua bersaudara itu diajak untuk berkelahi dengan salah satu siswa SMA swasta di Kota Bogor. Sementara, puluhan siswa lain menonton dan bersorak-sorai.

Dalam perkelahian tersebut, Maria menjelaskan, putranya mendapatkan pukulan beberapa kali dan tubuh bagian ulu hatinya diinjak oleh lawan kelahinya. Hingga kemudian, korban meninggal di lokasi kejadian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meikarta Kembangkan Pusat Riset untuk Perusahaan Berbasis IT

Posted: 20 Sep 2017 08:49 PM PDT

Sepuluh tahun terakhir teknologi mengalami perkembangan pesat, hal itu juga ditunjang perkembangan perangkat mobile yang semakin canggih, bahkan bisa dibilang hampir menggantikan komputer. Dari hal itu pula lah lahir berbagai peluang bisnis dan mulai bermunculan perusahaan-perusahaan berbasis internet yang sering disebut dengan istilah start up.

Perkembangan start up di Tanah Air pun cukup baik, dimulai dari terobosan aplikasi Go-Jek yang menginspirasi kaum millenial untuk menciptakan usaha baru. Tak kurang ada 1.500 perusahaan start up di Tanah Air. Di tahun depan, jumlah tersebut akan melonjak hingga dua kali lipat melihat potensi pengguna internet di tanah air yang mencapai 135 juta pada 2017 dan akan terus naik tiap tahunnya.

Peluang tersebut ditangkap oleh Lippo Group melalui projek Kota Baru Meikarta, yaitu kota yang memiliki infrastruktur berskala internasional dan digadang-gadang akan menjadi hunian terbesar di Asia Tenggara.

Meikarta rencananya akan membangun pusat riset industri, International Exhibition Center, dan Indonesian Silikon Valley yang akan menunjang kegiatan operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital, mulai dari start up, technology leader, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang informasi dan teknologi.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Manajer Liverpool Ungkap Alasan Jual Sterling

Posted: 20 Sep 2017 08:45 PM PDT

Liverpool mendapatkan banyak keuntungan dalam penjualan Raheem Sterling Manchester City pada musim panas 2015/16. Dibeli dari Queens Park Rangers seharga lima juta poundsterling pada 2010, nilai Sterling melonjak menjadi 49 juta poundsterling, lima tahun berikutnya.

Selama lima tahun itu, Sterling membuktikan dirinya dengan menjadi pemain reguler di Liverpool dan timnas Inggris. Dia juga memainkan peran besar untuk The Reds yang hampir memenangi Liga Inggris musim 2013/14.

Tetapi, setahun kemudian dia meninggalkan Anfield karena perselisihan kontrak baru. Di Etihad, dia mendapatkan bayaran 150 ribu poundsterling per pekan.

Jumlah yang beberapa tahun sebelumnya tidak pernah dia dapatkan di Liverpool. Namun, mantan manajer Liverpool, Brendan Rodgers mengungkapkan mengenai kontrak Sterling selama di Liverpool.

"Ada satu hal yang umum disebutkan, ketika itu (tawaran) datang ke pemain muda yang jatuh di pinggir jalan, uang. Ini mendistorsi kenyataan. Ini mengubah orang. Saya selalu berhati-hati dengan hal itu." kata Rodgers kepada Daily Record.

Menurut pelatih asal Irlandia Utara itu, ketika Sterling bersamanya hanya memiliki gaji sebesar dua ribu poundsterling per pekan. Tetapi, Rodgers tidak bisa menahannya lebih lama.



"Dengan pemain muda, satu, mereka harus mendapatkannya (kontrak baru) dan, dua, Anda tidak bisa melakukan hal ekstrem untuk sesuatu yang tidak disetujui mereka. Karena mereka telah memainkan beberapa pertandingan bagus," Rodgers menuturkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kucing Ini Sumbang Uang Untuk Tunawisma

Posted: 20 Sep 2017 08:42 PM PDT

Cashnip adalah kucing yang dermawan. Ia menyumbangkan uang untuk para tunawisma. Begini cara kucing ini mendapatkan uangnya sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ekspresi Foto Kartu Pelajar Yang Tak Biasa

Posted: 20 Sep 2017 08:40 PM PDT

Lupakan foto kartu pelajar yang kaku. Di sekolah ini, para siswa diberi kebebasan gaya mengambil foto untuk kartu pelajar mereka. 

Tak heran gaya Harry Potter, dan Dora The Explorer ditiru beberapa anak untuk foto kartu pelajarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putra Jeremy Thomas Sudah Bisa Tersenyum

Posted: 20 Sep 2017 08:40 PM PDT

Di usianya yang masih muda, putra Jeremy Thomas, Axel Matthew Thomas harus merasakan pahitnya hidup di penjara. Sudah dua bulan, Matthew mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Tangerang.

Awal ketika ditahan, Matthew terlihat sangat shock dan terpuruk. Kini, cowok 20 tahun itu perlahan bisa menerima keadaan sudah bisa tersenyum. Hal tersebut pun tak lepas dari dukungan sang ayah.

Jeremy Thomas dan Axel Matthew Thomas

"Kami melihat peristiwa hidup ini harus kami ubah menjadi suatu positive mental attitude. Mental yang positif, dengan sikap hati yang positif, semua itu bisa berjalan dengan baik sesuai harapan," ujar Jeremy Thomas, ditemui usai persidangan di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (20/9/2017).

Tak hanya Jeremy Thomas, anggota keluarganya yang lain pun kerap memberikan semangat buat Matthew. Mereka tak mau Matthew merasakan sendirian menghadapi masalahnya. "Keluarga juga support. Berikan hal-hal yang positif buat Matthew," kata Jeremy Thomas.

Jeremy Thomas berharap, Matthew bisa terbebas dari jeratan hukum. Aktor 46 tahun beranggapan putranya hanyalah sebuah korban dari kejahatan narkoba.

Axel Matthew Thomas

"Nantinya keluarga besar berharap Axel bisa kembali ke bangku kuliah dan melanjutkan kuliahnya dan melanjutkan bisnis clothing yang sempat tertunda," kata Jeremy Thomas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Puji Komitmen Pemerintah Indonesia Lindungi Pekerja Migran

Posted: 20 Sep 2017 08:38 PM PDT

Komite Pekerja Migran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberikan pujian kepada delegasi pemerintah Indonesia atas upaya dan komitmen Indonesia dalam peningkatan perlindungan pekerja migran. Sanjungan tersebut dilontarkan dalam konvensi perlindungan hak-hak pekerja migran dan anggota keluarganya yang berlangsung di Jenewa, Swiss, pada 5-6 September 2017.

Hal tersebut dikatakan oleh Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK), Maruli Apul Hasoloan, saat press conference tentang hasil pelaporan delegasi Indonesia atas ratifikasi konvensi perlindungan hak-hak pekerja migran dan anggota keluarganya di Jakarta, Rabu (20/9/2017).

"Komite puas dengan laporan Indonesia dan mengapresiasi berbagai upaya dan komitmen Indonesia dalam memberikan perlindungan pekerja migran, khususnya revisi Undang-Undang (UU) nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (PPILN)," ujar Maruli.

Ia mengatakan, revisi UU No. 39/Tahun 2004 dari yang sebelumnya fokus kepada penempatan (PPILN) menjadi fokus ke aspek perlindungan--Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI)--merupakan bukti Pemerintah Indonesia serius memperbaiki tata kelola penempatan dan perlindungan TKI. Dalam revisi UU tersebut, Pemerintah berupaya mengakomodasi saran dan masukan dari semua pihak seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ke dalam pasal demi pasal.

"Komite juga mengapresiasi kemitraan Pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan dalam formulasi kebijakan terkait pekerja migran. Menurut Komite, sikap dan semangat ini penting dipertahankan dalam keseluruhan upaya perlindungan pekerja migran," ucap Maruli.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Hermono, menambahkan bahwa revisi UU No.39/Tahun 2004 bahkan melebihi mandat konvensi karena mengatur pemberdayaan keluarga TKI yang ditinggalkan.

"Upaya perlindungan hak-hak pekerja migran dan anggota keluarganya merupakan suatu proses yang terus berlangsung dan membutuhkan tidak hanya kebijakan dan program yang baik, namun juga keberlanjutan sumber daya dan dedikasi dalam implementasi," kata Hermono.

Sementara itu, Direktur HAM dan Kemanusiaan Kementerian Luar Negeri, Dicky Komar, mengatakan bahwa revisi UU No. 39/Tahun 2004 ini akan mengutamakan perlindungan TKI sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

"Efeknya mekanisme di daerah hingga nasional menjamin aspek perlindungan diarusutamakan dalam setiap langkah kebijakan yang diambil Pemerintah," ujar Dicky.

Anis Hidayah, Pendiri Migran Care yang juga turut hadir pada konferensi pers, meminta Pemerintah segera menyelesaikan revisi UU No.39/Tahun 2004. Menurutnya, mengesahkan UU PPMI harus menjadi prioritas utama. Anis sepakat dengan rekomendasi Komite Pekerja Migran PBB yang menginginkan revisi UU untuk segera diselesaikan karena korban terus berjatuhan.

"Revisi UU sebagai payung mestinya menjadi peta jalan pertama bagi Pemerintah Indonesia bagaimana membangun sistem tata kelola migrasi pada pendekatan hak asasi manusia," ucap Anis.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Selidiki Kabar Suap Transportasi Online di Internalnya

Posted: 20 Sep 2017 08:37 PM PDT

Mabes Polri masih menunggu hasil investigasi otoritas hukum Amerika Serikat terkait dugaan suap sebuah perusahaan transportasi online internasional dengan diduga anggota kepolisian. Bila hasil investigasi tersebut mengindikasikan keterlibatan anggota polisi Indonesia, Polri akan menindak tegas.

"Polri tidak akan mentolelir perbuatan pidana dan pelanggaran hukum apa pun yang dilakukan oleh oknum petugas Polri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Kamis (21/9/2017).

Polri, kata Setyo, masih menunggu proses penyelidikan dan penyidikan yang digelar otoritas hukum Amerika Serikat.

"Jika diketemukan fakta dan bukti menurut sistem pembuktian Indonesia, maka Polri akan berpegang teguh kepada hukum positif Indonesia," kata Setyo.

Meski demikian, Polri juga telah melalukan penyelidikan internal terhadap informasi yang mencuat tersebut.

"Akan tetapi ada baiknya kita menunggu penyelidikan yg sedang dilakukan oleh otoritas penegak hukum di Amerika Serikat, sambil memberikan ruang untuk Polri melakukan penyelidikan internal terhadap informasi tersebut," kata dia.

Kabar adanya suap izin operasional kantor transportasi online internasional itu mencuat setelah sebuah media internasional memawancarai beberapa narasumber terkait pembayaran tidak lazim perusahaan transportasi online terhadap oknum Polri.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi dan BPOM Gerebek Industri Obat Ilegal

Posted: 20 Sep 2017 08:31 PM PDT

Di Madiun, sebuah rumah digerebek Polisi dan BPOM karena terbukti memproduksi obat tanpa izin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selametan pada 1 Suro, Apa Saja yang Dibawa?

Posted: 20 Sep 2017 08:30 PM PDT

Perayaan selametan atau selamatan pada tanggal 1 Bulan Muharram biasanya dilakukan pada malam hari tanggal 1 Suro (Muharram).

KH Muhammad Sholikhin dalam bukunya berjudul "Misteri Bulan Suro, Perspektif Islam Jawa" menyebutkan, selamatan umumnya dilakukan seusai mujahadah atau menghadirkan hati, berzikir dan berdoa bersama dengan sepenuh hati yang dilakukan usai 'Isya.

Selamatan dilakukan dengan membawa ubarampe nasi ambeng dengan lauk pauk rakyat seperti sayur, tahu, tempe dan sejenisnya sebagai simbol kesederhanaan, hidup apa adanya, menerima ketentuan Allah.

Inti perayaan ini, kata Sholikhin, agar Tuhan menghindarkan dari segala kejelekan dan nasib buruk dunia maupun akhirat. Sementara doa-doa yang biasanya dibaca adalah doa selamat dan tolak bala.

Ada juga sajian bubur meran dan putih yang disebut bubur "Hasan dan Husein" yang dibuat untuk menghormati dan memuliakan dua cucu kesayangan Nabi Muhammad SAW putra dari Ali bin Abi Thalib dan Fathimah.

Akhir hidupnya tragis karena dianiaya bani Umayah yakni Khalifah Yazid bin Mu'awiyah karena dianggap berpotensi mengancam kekuasaan padahal selalu membela rakyat kecil yang lemah.

Hasan meninggal diracun, Husein dicincang dan kepalanya diarak lalu digantung di gerbang kota sampai tiga hari. Seluruh anggota keluarganya dihabisi kecuali satu orang yang selamat yakni Ali Zainal Abidin. Mereka wafat sebagai syuhada.

Diduga pemuliaan masyarakat muslim Jawa ini terpengaruh ajaran Syiah yang dibawa sebagian anggota Wali Songo. Namun di sisi lain sebagai upaya protes masyarakat bawah kepada penguasa atas ketidakberdayaan mereka. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Pasok 80 Persen Kebutuhan Warga Timor Leste

Posted: 20 Sep 2017 08:30 PM PDT

Indonesia hingga kini masih menjadi pemasok terbesar kebutuhan sehari hari warga Timor Leste. Meski wilayah ini sudah memisahkan diri dari Indonesia sejak 1999.

Kebutuhan yang dipasok mulai dari pangan, pakaian, alat transportasi mobil dan motor hingga hiburan seperti bioskop. Kemudian pasokan energi yang masih dipasok dari BUMN Indonesia, Pertamina.

"Kesamaan budaya, akses. Dari Surabaya ke sini kan perdagangan bebas gampang. Mereka lebih comfortable belajar di Indonesia," ujar Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Sahat Sitorus di Dili, Rabu (20/9/2017).

Dia menuturkan, besarnya ketergantungan ini karena antara warga Indonesia dan Timor Leste memiliki kedekatan, mengingat negara ini pernah menjadi bagian Indonesia. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

"Mereka itu menyebut kita saudara. Jadi salah jika Indonesia menjajah Timor Leste, selama bergabung dengan Indonesia, pemerintah pusat justru banyak melakukan pembangunan di sini. berbeda kalau menjajah, mengeruknya dan tidak membangun apa-apa," tutur dia.

Tak cuma di bidang perdagangan, Indonesia turut membantu Timor Leste di sektor lain seperti pendidikan dan kesehatan.

"Rata-rata 90 persen pejabat pemerintah di sini lulusan Indonesia. Bahkan mereka sulit untuk Bahasa Portugis dan mereka memilih perguruan tinggi di Indonesia seperti di Bali, Surabaya, Yogyakarta dan Bandung," pungkas Sahat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Menang, Allegri Marahi Pjanic

Posted: 20 Sep 2017 08:30 PM PDT

Juventus harus bersusah payah mengatasi Fiorentina dalam lanjutan Liga Italia Serie A, Kamis dinihari WIB (21/9/2017). Bermain di markas sendiri, Stadion Allianz, I Bianconeri hanya mampu menang tipis, 1-0.

Gol tunggal kemenangan Juventus dicetak oleh Mario Mandzukic di menit 52. Striker Kroasia itu memecahkan kebuntuan setelah menuntaskan umpan Juan Cuadrado.

Selepas gol itu, Juventus tak mampu menambah gol bahkan ketika Fiorentina bermain dengan 10 orang, setelah gelandang Milan Badelj diusir wasit di menit 66.

Meski hanya menang tipis, pelatih Juventus Massimiliano Allegri tetap puas dengan penampilan anak asuhnya. Hanya saja, ia mengaku marah kepada Miralem Pjanic menit-menit akhir pertandingan.

"Saya marah pada Pjanic. Dia seharusnya mempertahankan bola, tetapi dia malah menendangnya jauh. Kami masih punya sisa satu menit dan kami harusnya tetap memegang bola. Saya sangat marah saat ini terjadi karena pemain berpengalaman seperti dia harusnya mampu membaca situasi," ujar Allegri seperti dilansir calciomercato.com.

Sedangkan mengenai Gonzalo Higuain yang masih seret mencetak gol, Allegri yakin striker Argentina itu akan segera mengakhiri masa sulit.

"Dia tidak bisa menyalahkan dirinya sendiri. Striker memang terkadang tidak mencetak gol, dan saya yakin masa ini akan berakhir. Dia akan kembali mencetak gol lagi nanti," kata Allegri.

Dengan kemenangan ini, Juventus masih tetap berada di peringkat kedua dengan poin sempurna dari lima laga yang sudah dimainkan.  (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuliah Sambil Kerja, Prilly Latuconsina Tidur Dua Jam Sehari

Posted: 20 Sep 2017 08:30 PM PDT

Prilly Latuconsina telah membuat keputusan untuk melanjutkan studinya ke jenjang perkuliahan. Namun, perempuan 20 tahun itu tetap ingin membangun karier di dunia hiburan dengan bermain sinetron.

 Prilly Latuconsina (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Alhasil, Prilly Latuconsina tak punya banyak waktu untuk beristirahat. Maklum saja, syuting sinetron kejar tayang memang menyita waktu. Belum lagi berbagai tugas kuliah yang harus ia selesaikan.

Melalui Instagram Story, Prilly Latuconsina mengeluhkan hal tersebut di depan 18,5 juta pengikutnya. Dengan memamerkan wajah lelah, pemain film Hangout itu menulis, "Minggu ini: gak pernah tidur lebih dari 2 jam," lengkap dengan emoticon sedih.

Tak hanya itu, Prilly Latuconsina juga mengunggah potret dirinya yang sedang tertidur di sebuah kursi di lokasi syuting. "Salah satu bukti betapa lelahnya kuliah sambil kerja. Nyender sama kena angin dikit langsung molor," tulis sang artis dalam keterangan foto.

 

Tak kurang dari 500 pengguna Instagram meninggalkan tanggapan di kolom komentar foto tersebut. Sebagian besar memberi semangat pada Prilly Latuconsina dan mengingatkannya untuk selalu menjaga kesehatan.

"Semangat sayang... Di sini, jauh dimata dekat dihati selalu support kamu," tulis @anissastories_.

"semangat sayang selalu jaga kesehatan ya," sahut @susanty6482.

"Smngat prill @prillylatuconsina96 aku jg kerja smbil kuliah. Emg sih lelah tp hrus ttp dijalanin demi masa depan yg lebih indah," ungkap @widiantari94.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Iriana Jokowi Kejutkan Penjual Kerajinan Tas Kulit Ikan Pari

Posted: 20 Sep 2017 08:27 PM PDT

Tidak mengenalkan diri sebagai Istri Presiden, aksi Iriana Jokowi membuat pengrajin tas di Boyolali kaget.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gaun Terbakar Api, Tren Prewedding Saat Ini. Tertarik?

Posted: 20 Sep 2017 08:21 PM PDT

Tema gaun terbakar sedang menjadi tren foto prewedding di media sosial. Anda mau coba?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantap di Musik R&B, Rinni Wulandari Luncurkan Album Baru

Posted: 20 Sep 2017 08:20 PM PDT

Rinni Wulandari kembali menyapa penggemar lewat album baru bertajuk, I Am Independent. Album keempatnya itu, berisi 12 lagu yang merupakan kumpulan dari dua album terdahulunya.

Untuk mengerjakan album barunya ini, Rinni Wulandari mengaku membutuhkan waktu satu tahun lebih. Maklum, selama pengerjaan istri Jevin Julian itu juga disibukan dengan persiapan pernikahannya.

Rinni Wulandari meluncurkan album terbaru berjudul I Am Independent. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Hampir dua tahun sih ngerjainnya, soalnya waktu itu susah atur jadwalnya aja. Lagian kan waktu itu persiapan nikah," ungkap Rinni Wulandari, di sela-sela acara peluncuran album I Am Independent di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu(20/9/2017).

Dalam album ini, Rinni Wulandari tetap konsisten dengan aliran R&B untuk setiap lagunya. Pasalnya, jebolan sebuah ajang pencarian bakat itu merasa bahwa lewat jenis musik itu merupakan jati dirinya sebagai seorang penyanyi.

"Aku pilih R&B karena memang aku suka sama jenis musik ini. Jadi aku enggak setengah-setengah buat ngerjainnya dan nyaman banget jalaninnya," jelasnya.

Lebih lanjut, Rinni Wulandari mengungkap bahwa sebagai seorang pemusik dirinya ingin berevolusi, sehingga berbagai variasi musik ia sampaikan di album barunya ini.

Rinni Wulandari meluncurkan album terbaru berjudul I Am Independent. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lindu 5,2 SR Goyang Simeulue Aceh

Posted: 20 Sep 2017 08:16 PM PDT

Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter menggoyang wilayah Simeulue di Provinsi Aceh pada pukul 09.09 WIB.

Dikutip dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kamis (21/9/2017), gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa sendiri berada pada 0.34 Lintang Utara dan 92.24 Bujur Timur atau 492 km Barat Daya Kabupaten Simeulue.

BMKG juga memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: OORTH, Medsos Baru Saingan Facebook dari Solo

Posted: 20 Sep 2017 08:16 PM PDT

Memasukkan unsur kearifan lokal seperti iuran, obrolan, dan dompet membuat aplikasi media sosial asal Solo, Oorth, berbeda dengan yang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Wajah Lesu Ronaldo Usai Real Madrid Takluk di Kandang

Posted: 20 Sep 2017 08:15 PM PDT

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo meringis seusai kehilangan satu gol pada laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid di luar dugaan dipermalukan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo meringis seusai kehilangan satu gol pada laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid di luar dugaan dipermalukan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Real Betis dalam laga pekan lima La Liga di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid keok 0-1 dari tamunya, Real Betis. (GABRIEL BOUYS/AFP)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo berebut bola dengan pemain Real Betis dalam laga pekan lima La Liga di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid keok 0-1 dari tamunya, Real Betis. (GABRIEL BOUYS/AFP)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menutup matanya disela laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid menyerah di tangan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menutup matanya disela laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid menyerah di tangan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo tertunduk di lapangan seusai kehilangan satu gol pada laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid di luar dugaan dipermalukan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo tertunduk di lapangan seusai kehilangan satu gol pada laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid di luar dugaan dipermalukan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo tertunduk di lapangan seusai kehilangan satu gol pada laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid keok 0-1 dari tamunya, Real Betis. (GABRIEL BOUYS/AFP)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo tertunduk di lapangan seusai kehilangan satu gol pada laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid keok 0-1 dari tamunya, Real Betis. (GABRIEL BOUYS/AFP)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menendang bola ke gawang Real Betis yang dikawal Antonio Barragan pada laga pekan lima La Liga di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid menyerah di tangan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menendang bola ke gawang Real Betis yang dikawal Antonio Barragan pada laga pekan lima La Liga di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid menyerah di tangan Real Betis 0-1. (AP Photo/Francisco Seco)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menjulurkan lidah saat menjalani laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid di luar dugaan dipermalukan Real Betis 0-1. (GABRIEL BOUYS/AFP)

Penyerang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menjulurkan lidah saat menjalani laga pekan lima La Liga melawan Real Betis di Santiago Bernabeu, Rabu (20/9). Real Madrid di luar dugaan dipermalukan Real Betis 0-1. (GABRIEL BOUYS/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Manchester City Tidak Masuk Daftar FIFPro World XI 2017

Posted: 20 Sep 2017 08:15 PM PDT

Tidak ada nama pemain Manchester City dalam daftar calon FIFA FIFPro World XI 2017 atau Tim Terbaik Dunia 2017. Sekadar informasi, FIFA telah merilis 55 nama pemain untuk menghuni Tim Terbaik Dunia 2017.

Kondisi ini sedikit mengherankan karena Manchester City memiliki sejumlah pemain tenar. Meski, pada musim lalu tim besutan Pep Guardiola ini hanya menempati peringkat ketiga Liga Primer Inggris.

Liga Primer Inggris hanya menyumbang 13 pemain, enam di antaranya dari Manchester United. Sisanya, tiga pemain Chelsea (David Luiz, Eden Hazard, dan N'Golo Kante), dua pemain Arsenal (Alexis Sanchez dan Mesut Ozil), Philippe Coutinho dari Liverpool, dan striker Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Masuknya nama Ozil dan Sanchez bisa jadi lantaran The Gunners menjadi juara Piala FA musim lalu, walau di klasemen akhir Liga Primer Inggris berada di peringkat kelima. Yang membuat aneh adalah hadirnya nama Coutinho. Sebab, Liverpool finis di bawah City dan tanpa gelar musim lalu.

Bisa jadi, tidak adanya nama pemain Manchester City karena penampilan tidak maksimal. Seperti diketahui, kedatangan Pep pada musim lalu otomatis membuat pemain City kembali beradaptasi.

Johns Stones dan Claudio Bravo yang menjadi rekrutan baru kala itu juga kerap melakukan blunder. Lini belakang City cukup bermasalah dan perlu melakukan banyak perombakan. Sementara, Sergio Aguero sempat terpinggirkan oleh Gabriel Jesus.

Kalau ada pemain yang cukup konsisten, mungkin hanya David Silva dan Kevin De Bruyne. Namun, di luar itu penampilan gemilang pemain baru City musim ini, Bernardo Silva dan Benjamin Mendy, seharusnya bisa dipertimbangkan. Bernardo menjadi salah satu kunci keberhasilan AS Monaco juara Ligue 1. Termasuk juga kiper Ederson bersama Benfica.

Padahal, sejak musim 2009/2010 sampai musim lalu, pemain Manchester City tidak pernah kehilangan pengakuan untuk nominasi FIFPro. Dengan tercatat sembilan kali dipilih dalam sembilan musim terakhir. Untuk daftar 55 nominasi tahun ini, dipilih oleh 25 ribu pemain dari seluruh dunia. Dengan Real Madrid mencatatkan rekor sebagai penyumbang terbanyak, yakni 13 pemain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Seekor Kucing Tak Mau Tinggalkan Makam Majikannya

Posted: 20 Sep 2017 08:10 PM PDT

Seakan ikut bersedih, kucing ini tidak mau meninggalkan makam majikannya yang telah meninggal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Ini Punya 120 Istri. Apa Rahasianya?

Posted: 20 Sep 2017 08:10 PM PDT

Kebanyakan orang hanya ingin memiliki 1 orang istri, tapi bagi seorang laki-laki di Thailand punya 120 istri adalah hal yang bisa dilakukan.

Berikut adalah rahasia laki-laki beristri 120 orang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunci dan Handphone Sering Hilang? Ini Tipsnya!

Posted: 20 Sep 2017 08:09 PM PDT

Bagi sebagian orang, terutama yang pelupa, kehilangan benda penting seperti kunci dan smartphone mungkin sudah menjadi hal yang sering terjadi. Ironisnya hal tersebut justru sering terjadi saat berada di dalam rumah.

(Baca juga: Yuk, Tanam Sayur yang Bisa Dikontrol Lewat Smartphone!)

Tentu saja Anda harus melakukan langkah preventif atau antisipatif sebelum hal tersebut terjadi. Karena, tentu saja hal ini akan menghambat kegiatan sehari-hari, apalagi jika di tengah kondisi mendesak atau tergesa-gesa.

Untuk itu simak beberapa cara cerdas dari Rumah.com untuk mencegah kehilangan kunci dan smartphone di rumah berikut ini!

1. Beri wadah penyimpanan sendiri

Salah satu alasan mengapa suatu benda mudah hilang adalah karena mereka tidak memiliki wadah penyimpanan sendiri. Untuk mencegah kehilangan kunci maka buatkan wadah atau lokasi khusus untuk meletakkan mereka setiap kali Anda tiba di rumah.

Tempat ini bisa berupa mangkuk atau pengkait yang bisa untuk menggantungkan kunci. Dengan begitu jika ada anggota keluarga lain yang ingin meminjam mereka bisa meletakkannya kembali di tempat yang benar.

2. Kurangi benda berserakan

Semakin sedikit benda yang ada di dalam rumah maka akan semakin sedikit "tempat tersembunyi" yang bisa menjadi tempat hilangnya benda berukuran kecil seperti kunci. Jika Anda menjaga rumah tetap tertata rapi, sangat mudah menemukan benda yang tidak sesuai pada tempatnya.

Sebaiknya kurangi benda yang tidak sesuai di ruang tamu seperti peralatan kantor atau mainan di ruang keluarga.

3. Setel ponsel dengan pengaturan berdering

Smartphone atau ponsel pintar adalah benda yang sering diletakkan di sembarang tempat. Cara paling mudah untuk menemukan ponsel yang hilang adalah dengan meneleponnya.

Namun apabila ponsel disetel silent (tidak berdering) atau tidak bergetar maka cara tersebut akan percuma. Jadi untuk upaya preventif, selalu setel ponsel dengan pengaturan bersuara.

4. Manfaatkan teknologi

Ada beberapa produk yang didesain supaya mudah dilacak keberadaannya. Anda bisa memanfaatkan perangkat pelacak alat komunikasi seperti Tile yang bisa ditempel pada setiap benda.

Jadi ketika hilang, Anda bisa menemukannya dengan mudah dari pelacak GPS. Untuk smartphone, ada aplikasi Find My Phone milik Apple yang bisa dicek melalui desktop.

5. Jangan panik

Dikutip dari buku "12 principles for finding any lost object", Solomon, si penulis, menyarankan supaya Anda jangan panik ketika mencari benda yang hilang. Menurutnya, masalah tersebut ada pada diri Anda, bukan pada barang yang hilang.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah dengan harga di bawah Rp200 juta)

Jadi untuk mempercepat proses penemuan, ada baiknya berhenti sejenak dan berpikir dengan jernih supaya bisa mengingat-ingat kapan terakhir kali meletakkan benda tersebut.

6. Mencari dengan cerdas

Jika Anda sudah merasa tenang dan percaya diri bisa menemukan benda tersebut, maka proses pencarian akan lebih mudah. Buat rencana pencarian benda tersebut. Lakukan secara sistematis dari satu ruangan ke ruangan lain, dimulai dari tempat terakhir Anda meletakkannya.

Selain itu, pastikan mengecek setiap tempat yang mungkin menjadi tempat bernaungnya benda hilang tersebut. Jangan habiskan waktu melihat area yang tidak Anda temukan benda berkali-kali.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Iran Balas Retorika Kebencian Donald Trump

Posted: 20 Sep 2017 08:07 PM PDT

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan akan sangat disayangkan jika "pendatang baru yang nakal" menghancurkan kesepakatan nuklir yang dicapai negaranya dengan enam kekuatan dunia lainnya, di antaranya adalah Amerika Serikat, Rusia, Inggris, China, Prancis, dan Jerman.

"Akan sangat disayangkan jika kesepakatan ini dihancurkan oleh pendatang baru yang nakal di dunia politik," ujar Presiden Rouhani dalam pidatonya di hadapan Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di New York, seperti dikutip dari CNN pada Kamis (21/9/2017).

Terminologi "pendatang baru yang nakal di dunia politik" merupakan referensi yang jelas tertuju kepada Presiden AS Donald Trump. Sehari sebelumnya, saat tampil berpidato di muka Sidang Majelis Umum PBB, Trump mengkritik keras rezim Iran dan kesepakatan nuklir Iran.

"Saya menyatakan kepada Anda bahwa Iran tidak akan menjadi pihak pertama yang melanggar kesepakatan tersebut, tapi akan merespons dengan tegas atas pelanggaran oleh siapa pun," tegas presiden berusia 68 tahun tersebut.

Presiden ke-45 AS itu telah berulang kali menyebutkan bahwa kesepakatan nuklir Iran merupakan negosiasi terburuk yang pernah ada dan telah memalukan AS.

Rouhani memanfaatkan pidatonya dalam sidang tahunan PBB itu untuk menghardik balik Trump.

"Dengan melanggar komitmen internasional, pemerintah baru AS hanya akan menghancurkan kredibilitasnya dan meruntuhkan kepercayaan dunia internasional untuk bernegosiasi dengan mereka atau memercayai perkataan dan janji mereka," terang pemimpin Iran itu.

Dan dalam kesempatan yang sama, Rouhani menerangkan bahwa pihaknya tidak terlalu berminat untuk melakukan negosiasi ulang.

"Dalam beberapa tahun terakhir, kita melalui pembicaraan dan dialog yang sangat sulit dengan negara-negara 5 + 1, termasuk AS. Jadi, setelah mencapai kesepakatan selama bertahun-tahun dan sudah diratifikasi mereka tiba-tiba saja mencari alasan untuk membatalkannya. Alasan logis apa yang mengharuskan kami untuk bicara dengan mereka tentang isu lainnya?" tutur Rouhani.

Ia menambahkan bahwa kelak jika AS memutuskan untuk meninggalkan kesepakatan tersebut, maka akan menuai kecaman dari rakyat AS. Sekutu AS, menurut Rouhani, juga tidak akan mendukung langkah itu.

Beberapa saat lalu, Trump sempat menuding bahwa Iran telah melanggar kesepakatan nuklir. Namun, tuduhan tersebut termentahkan dengan pernyataan Asosiasi Energi Atom Internasional (IAEA) yang menggunakan kunjungan lapangan, citra satelit, dan cara pemantauan lainnya untuk memverifikasi bahwa Iran mematuhi perjanjian yang disepakati pada 2015 itu.

Terkait dengan program rudal Iran yang dituding sebagai salah satu bentuk pelanggaran kesepakatan nuklir oleh Trump, Rouhani mengatakan bahwa hal tersebut bertujuan murni untuk pertahanan.

"Saya ingin menggarisbawahi di sini bahwa kemampuan pertahanan Republik Islam Iran, termasuk rudal kami, hanyalah sikap bertahan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas regional," jelas sang presiden.

"Kami tidak dapat melupakan bahwa warga sipil di banyak kota kami menjadi sasaran serangan rudal jarak jauh oleh Saddam Hussein selama delapan tahun perang berlangsung," kata Rouhani.

Rouhani juga menegaskan bahwa Iran tidak pernah mengejar senjata nuklir. Namun, ia tidak menampik kemungkinan bahwa suatu hari Iran dapat memperkaya uranium untuk keperluan energi.

"Iran tidak pernah menginginkan senjata nuklir, tidak akan pernah mengejar senjata nuklir, kami tidak mengupayakan itu sekarang," tutur Rouhani. "Kami bicara tentang pengayaan, bukan membangun bom atom. Bahkan di Jepang hari ini mereka memiliki pengayaan yang dapat digunakan untuk menggerakkan pembangkit listrik."

 

Isu terkait Iran sejak beberapa saat lalu telah diprediksi akan menjadi salah satu fokus utama pidato Trump selain Korea Utara. Dan dugaan tersebut pun terbukti.

Saat pidato pada Selasa, 19 September, Trump melontarkan retorika kebencian kepada Negeri Paramullah. Terang-terangan ia menyebut, Iran menyokong terorisme.

"Pemerintahan Iran menutupi kediktatoran korup di balik kedok demokrasi palsu. Ini telah mengubah sebuah negara kaya, dengan sejarah dan budaya yang kaya, menjadi sebuah negara yang terkuras ekonominya dan ekspor utamanya adalah kekerasan, pertumpahan darah, dan kekacauan. Korban yang paling lama menderita adalah rakyatnya sendiri," jelas sang presiden.

"Alih-alih menggunakan sumber dayanya untuk memperbaiki kehidupan rakyat, Iran menggunakan keuntungannya dari minyak untuk mendanai Hizbullah dan kelompok teroris lainnya yang membunuh sesama muslim dan menyerang tetangga Arabnya dan Israel yang damai".

Ia melanjutkan, "Kekayaan ini, yang sejatinya milik rakyat Iran, juga digunakan untuk menopang kediktatoran Bashar al-Assad, memicu perang sipil Yaman, dan merusak perdamaian di seluruh Timur Tengah. Kita tidak bisa membiarkan sebuah rezim pembunuh terus melakukan aktivitas yang memicu ketidakstabilan sembari membangun rudal berbahaya".

"Kesepakatan nuklir Iran adalah salah satu transaksi terburuk dan paling sepihak yang pernah dilakukan AS. Terus terang, kesepakatan itu memalukan bagi AS," ujar Trump.

Sosok kontroversial tersebut juga menyerukan agar Iran membebaskan seluruh warga AS dan warga negara lain yang ditahan otoritas Iran secara tidak adil. "Yang terpenting, Iran harus berhenti mendukung teroris, mulai melayani rakyatnya sendiri, dan menghormati hak-hak kedaulatan para negara tetangganya. Seluruh dunia memahami bahwa orang-orang baik di Iran menginginkan perubahan".

"Dukungan rezim Iran terhadap teror sangat berbeda dengan komitmen baru-baru ini yang ditunjukkan para tetangganya untuk memerangi terorisme dan menghentikan keuangannya, dan di Arab Saudi awal tahun lalu, saya merasa sangat terhormat untuk bergabung bersama pemimpin lebih dari 50 negara Arab dan muslim. Kami sepakat bahwa semua negara yang memiliki tanggung jawab harus bekerja sama untuk menghadapi teroris dan ekstremisme Islam," ungkap Trump.

Trump sendiri mengatakan akan segera mengumumkan kebijakannya terkait dengan kesepakatan Iran.

Oleh Rouhani, pidato Trump ini disebut sebagai "retorika yang bodoh, tidak masuk akal, dan penuh kebencian yang dipenuhi dengan tuduhan tak berdasar" yang bertentangan dengan semangat PBB.

 

Saksikan video pilihan berikut:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merampok 10 Kali, Anggota TNI Gadungan Mengaku Kepepet

Posted: 20 Sep 2017 08:01 PM PDT

Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung menangkap seorang perampok yang telah beraksi sebanyak 10 kali di Kota Bandung dan Jakarta. Sosok pencuri bernama Ubaydillah Jaozan Aljufri alias Joe (25) itu sempat viral di media sosial karena mengaku TNI saat ditilang oleh polisi lalu lintas di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kepala Polrestabes Bandung, Kombes Hendro Pandowo mengatakan, Joe ditangkap karena telah menggasak salah satu minimarket di wilayah Kota Bandung, Jawa Barat. Jajaran Satuan Reskrim Polrestabes Bandung menangkap Joe di tempat persembunyiannya di Jakarta Pusat, Rabu dini hari, 20 September 2017.

"Pelaku diamankan terkait aksi curasnya dengan dua teman lainnya, saat melakukan perampokan di salah satu minimarket di wilayah Bandung," kata Hendro di Markas Polrestabes Bandung.

Saat merampok, Joe selalu mengancam karyawan minimarket dengan menodongkan senjata api jenis FN dan revolver rakitan. Polisi pun menyita senjata api tersebut dan beberapa uang tunai hasil rampokan Joe dan kawan-kawannya.

"Dia mengambil uang tunai Rp 16 juta, rokok, dan makanan. Rekannya bernama Darwis telah ditangkap di wilayah Soreang, dan kita masih memburu satu orang lagi rekannya," ujar dia.

Sebelumnya, tersebar video seorang pria yang mengaku sebagai TNI saat ditilang polisi lalu lintas di kawasan Jakarta. Dalam video tersebut, Joe tak terima ditegur oleh polisi.

Di tempat yang sama, Joe mengaku diajak oleh teman-temannya untuk merampok. Dia mengatakan sebelumnya bekerja sebagai karyawan gorden di Jakarta Pusat.

"‎Saya merampok karena kepepet dan diajak teman-teman saya. Saya pakai uang itu untuk memenuhi kebutuhan saya sehari-hari. Kalau untuk pistol, itu milik teman saya," kata Joe.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Perjuangan Acha Septriasa Melahirkan

Posted: 20 Sep 2017 08:01 PM PDT

Melahirkan tentu jadi momen yang tidak bisa dilupakan bagi para wanita. Begitu pula yang dialami oleh Acha Septriasa. 

Berikut adalah video saat Acha melahirkan buah hatinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

⁠⁠⁠⁠⁠Perhatikan Komponen Ini, agar Vespa Tua Tidak Rewel

Posted: 20 Sep 2017 08:00 PM PDT

Vespa klasik atau tua saat ini memang masih banyak penggemarnya di Tanah Air. Meskipun sudah banyak pilihan Vespa modern dengan teknologi canggih, bagi pencinta atau kolektor skuter asal Italia ini masih enggan mengganti tunggangannya.

Meskipun begitu, namanya Vespa tua, pasti ada saja masalah yang muncul, terlebih Vespa klasik atau tua ini masih sering digunakan untuk perjalanan jauh atau touring oleh si empunya.

Menurut Leo Nurichson, Bos Lambro Workshop, sebenarnya Vespa klasik tidak begitu ribet dalam hal perawatan, dan jarang mengalami masalah jika dirawat dengan baik.

"Kalau Vespa tua sebenarnya tidak repot. Kalau dua tak itu, kompresi, pengapian, sama kopling," jelas pria yang akrab disapa Coki saat berbincang dengan Liputan6.com, di bengkelnya, Rabu (20/9/2017).

Lanjut pria yang bengkelnya beralamat di Jalan Haji Mencong, Nomor 31, Ciledug, Tangerang ini, untuk pengapian, seperti platina, kondensor, dan sepul platina memang membutuhkan perawatan berkala, agar performa motor tidak bermasalah.

"Kalau perawatan berkala di sini Rp 120 ribu. Tapi untuk penggunaan spare part tergantung mau pilih merek apa, kalau yang asli Vespa bisa Rp 150 ribuan, tidak mahal sih memang," tegasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Saat memiliki Vespa tua atau klasik, memang tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu ribet. Biasanya, hanya perlu servis berkala, untuk setting pengapian, kompresi, dan lain-lain agar tidak masalah saat digunakan.

"Sebenarnya, perawatan Vespa itu gampang tidak mahal. Biasanya, untuk membangun atau restorasi Vespa klasik saja yang butuh biaya cukup besar, untuk perawatan tidak terlalu mahal," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendes PDTT Minta Pelaku Usaha Serap Produk Unggulan Desa

Posted: 20 Sep 2017 08:00 PM PDT

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, berjanji akan mengajak para pelaku usaha nasional untuk, menyerap produk unggulan di pedesaan. Salah satunya adalah membuka peluang produk jagung di Bengkulu Selatan ke pasar. 

"Bupati komitmen untuk menanam jagung di lahan seluas 20.000 hektar. Jika sekali panen menghasilkan 5 sampai 7 ton dan per ton dihargai Rp 100 ribu, maka dalam satu kali panen akan hasilkan Rp 300 milyar setahun," ujar Menteri Eko saat melakukan penanaman jagung di Desa Padang Lebar, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, dalam keterangannya, Kamis (21/9/2017).

Eko mengatakan, ada manfaat yang besar jika embung dibangun. Dalam hitungannya, suplai air dari embung akan mampu membuat lahan jagung panen setidaknya dua kali dalam setahun. Maka hasil pendapatan yang dicapai yakni Rp 600 milyar per tahunnya.

"Pemerintah nanti akan bantu sarana prasarananya yang akan disalurkan lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Semakin produksinya bagus, dunia usaha pasti tertarik bangun sarana pascapanen, seperti gudang, mesin pengering, dan lainnya," ujarnya.

Eko juga meminta Bupati Bengkulu Selatan untuk bersama mengawal implementasi empat program prioritas percepatan pembangunan desa, yakni Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun embung, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan membangun Sarana Olahraga Desa (Raga Desa). Dirinya meyakini program tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi di pedesaan.

"Jika empat program prioritas ini dilakukan di desa-desa, maka tidak akan ada lagi desa tertinggal dalam satu hingga dua tahun ke depan. Mari bersama-sama sukseskan program ini," sambungnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, sinergi Kemendes PDTT dan Kementan merupakan sinergi yang hebat. Hal tersebut diyakini akan semakin meningkatkan produktifitas pedesaan. Hal itu diungkapkannya dengan bukti pemerintah tidak lagi mengimpor jagung.

"Kami siapkan sarana produksinya, Mendes siapkan embung. Jagung sekarang sudah tidak ada impor. Malahan Malaysia dan Filipina siap terima impor. Pada saatnya kami tutup impor, kita malah ekspor ke lima negara. Harga jagung kini stabil di kisaran Rp 3000-an," ungkapnya.

Bupati Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud, mengapresiasi kedatangan Mendes PDTT dan Mentan karena diyakini akan memotivasi produktifitas di daerahnya. Ia menjelaskan, potensi yang terdapat di wilayahnya yakni 110 hektar lahan sawah, 20 ribu hektar kebun dan 9 ribu ladang.

"Jika potensinya benar-benar diolah dengan baik, maka akan menggerakan ekonomi Bengkulu. Sarana dan prasarana produksi sangat di butuhkan," ujar Dirwan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nintendo Switch Diprediksi Terjual 130 Juta Unit pada 2022

Posted: 20 Sep 2017 08:00 PM PDT

Nintendo Switch dinilai sebagai konsol yang berpotensi masuk dalam jajaran konsol tersukses sepanjang masa.

Pasalnya, sejauh ini diperkirakan ada lebih dari lima juta unit Switch terjual di seluruh dunia. Maka tak heran penjualannya bisa menyalip Wii U.

Perusahaan analis keuangan asal Swiss, Credit Suisse, memprediksi penjualan Switch bakal mencapai 130 juta unit sampai tahun 2022. Angka ini nyaris meningkat dua kali lipat dari dugaan mereka sebelumnya, yang waktu itu cuma berkisar di 70 juta unit.

Dikutip dari This Gen Gaming, Rabu (19/9/2017), mereka menjelaskan mengapa angka itu dianggap memungkinkan.

Meski ada keraguan mengenai identitasnya, Switch dianggap sebagai perangkat gim unik. Sebab, konsol besutan raksasa gaming asal Negeri Sakura ini memang mengusung konsep hybrid digunakan sebagai konsol rumahan atau handheld.

Meskipun banyak yang mengkategorikan Switch sebagai konsol rumahan, Credit Suisse justru lebih menganggapnya sebagai handheld.

Hal tersebut didukung hasil survei yang dilakukan majalah gim Jepang Famitsu. Hasil survei mengungkap mayoritas orang menganggap Switch sebagai perangkat portable.

"Kami percaya Switch akan mencapai puncak kesuksesannya lima tahun setelah peluncurannya (2022)," ungkap Credit Suisse.

Selain itu, Credit Suisse juga menjelaskan perubahan dugaannya. Awalnya mereka memperkirakan Switch berdasarkan karakter konsol. Saat Credit Suisse menganggap Switch sebagai handheld, hitungan mereka juga berubah dan mencapai angka 130 juta unit.

(Theofilus Ifan Sucipto/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: