Minggu, 24 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


42 Imigran Bangladesh Ditemukan Kelaparan di Perkebunan Riau

Posted: 24 Sep 2017 10:02 PM PDT

Puluhan imigran dari Bangladesh ditemukan dalam kondisi memprihatinkan di areal perkebunan di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau. Sudah 4 hari mereka terdampar di tempat itu dan tidak tahu ke mana lagi setelah ditinggal oleh tekong atau pembawanya.

Berdasarkan pendataan Polsek setempat, jumlah mereka 42 orang. Semuanya sudah dievakuasi petugas dan diserahkan ke Imigrasi di Kota Dumai.

"Setelah paspor mereka didata, diserahkan ke Imigrasi Kota Dumai. Tujuan para imigran ini masih dicari tahu," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, Senin (25/9/2017).

Guntur menerangkan, keberadaan imigran tersesat ini diketahui berkat laporan masyarakat sekitar, yang melihat ada kapal berlabuh di kecamatan tersebut. Beberapa hari berlabuh, tidak ada satupun penumpangnya yang kembali lagi.

Masyarakat yang curiga mengecek ke sebuah kebun milik perusahaan. Di tengah kebun ditemukan 42 imigran kelaparan dan sudah tidak berdaya lagi. Kejadian ini dilaporkan ke Mapolsek setempat supaya diberi tindakan cepat mengingat kondisi imigran.

‎"Setelah sampai di lokasi, petugas langsung memberikan pertolongan. Usai itu baru didata asal dan tujuannya," ucap Guntur.

Menurut seorang imigran yang bisa berbahasa Melayu, mereka dibawa seorang tekong dari Singapura dengan tujuan Pekanbaru. Dengan janji di Pekanbaru ada tempat penampungan imigran bagus, mereka termakan janji itu.

Sesampainya di Pekanbaru, para imigran ini dibawa ke Kota Dumai memakai 5 buah travel. Dari sana, puluhan imigran ini dibawa naik kapal menuju Kecamatan Rupat dengan janji di sana ada tempat penampungan bagus.

"Setibanya di Rupat, tekong tadi kabur dan meninggalkan imigran ini," kata Guntur.

Pengakuan imigran, tekong ini meminta sejumlah uang sebagai ongkos pemberangkatan dan admnistrasi di penampungan. Diduga imigran yang lari dari negaranya untuk menghindari konflik ini tertipu tekongnya sendiri.

"Mereka sudah dibawa ke kantor imigrasi Kota Dumai. Sementara tekong dimaksud dalam penyelidikan kepolisian," ucap Guntur.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama di Dunia, Robot Lakukan Operasi Tanpa Bantuan Manusia

Posted: 24 Sep 2017 10:01 PM PDT

Robot di Tiongkok menjadi pembicaraan setelah berhasil menyelesaikan operasi implan gigi pertama tanpa intervensi manusia. Prosedur itu sendiri dilakukan di Xi'an, Provinsi Shaanxi.

Dalam operasi yang berlangsung selama satu jam itu, robot menempatkan dua gigi baru ke dalam gusi seorang wanita, menyesuaikannya dengan selisih kesalahan 0,89-0,3 milimeter. Gigi itu sendiri diciptakan lewat teknik pencetakan 3D.

Melansir dari Nextshark, teknologi inti robot itu terdiri dari perencanaan implan oral, navigasi bedah, dan fungsi kontrol otonom. Robot yang dikembangkan oleh Rumah Sakit Stomatologi Universitas Kedokteran Militer Keempat di Xi'an dan Universitas Beihang di Beijing itu diciptakan untuk menangani kekurangan dokter gigi spesialis di Tiongkok.
Sekitar 400 juta pasien diklaim membutuhkan gigi baru. Mesin juga berupaya mengurangi kesalahan yang dilakukan oleh dokter gigi manusia.

Dalam sebuah wawancara dengan harian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi setempat, spesialis rehabilitasi mulut Dr. Zhao Yimin menekankan bahwa robot itu otonom yang berarti mampu menghindari faktor subjektif yang sering menimbulkan kesalahan. Untuk prosedur tersebut, dokter gigi memprogram robot untuk bergerak dengan benar dan menempatkan implan pada pasien dengan bius lokal. Yang menarik, robot itu juga bisa menyesuaikan diri dengan gerakan pasien.

(Sul/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Saham Kideco, Indika Energy Rogoh Kocek US$ 677 Juta

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

PT Indika Energy Tbk (INDY) akan menambah kepemilikan saham di Kideco menjadi 45 persen. Nilai investasi untuk menambah saham Kideco mencapai US$ 677,50 juta.

Mengutip prospektus singkat yang diterbitkan, Senin (25/9/2017), perseroan akan membeli saham Kideco dengan melalui Samtan dan Muji yang merupakan pemegang saham Kideco.

PT Indika Energy Tbk akan membeli sebanyak 101.139 saham milik Samtan di dalam Kideco. Jumlah saham itu sebesar 40 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor Kideco berdasarkan perjanjian jual beli saham. Sebelumnya Samtan mengenggam 49 persen saham Kideco.

Selain itu, PT Indika Inti Corpindo (IIC) akan menambah kepemilikan sahamnya dalam Kideco dengan membeli sebanyak 12.517 saham milik Muji dalam Kideco. Jumlah saham itu lima persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh. Sebelumnya Muji memiliki lima persen saham Kideco.

Total pembelian saham itu sebesar US$ 677,50 juta atau 85,44 persen dari ekuitas konsolidasi perseroan per 30 Juni 2017 yaitu US$ 792,50 juta.

Perseroan menyatakan, transaksi pembelian saham itu akan memberikan nilai tambah strategis terhadap Perseroan. Transaksi itu akan perkuat posisi Perseroan sebagai perusahan energi terintegrasi dengan portfolio bisnis Perseroan mencakup sektor sumber daya energi, jasa energi, dan infrastruktur energi. Selain itu juga akan menambah nilai ekuitas dan portofolio investasi sehingga meningkatkan pendapatan di sektor pertambangan batu bara.

Sebelumnya Kideco merupakan perusahaan pertambangan batu bara terbesar ketiga di Indonesia. Kideco memiliki wilayah pertambahan di Kalimantan Timur. Para pelanggan Kideco mencakup pelanggan nasional dan internasional yang mencakup perusahaan pembangkit listrik besar yang beroperasi lebih dari 10 negara.

Untuk membeli saham itu, perseroan akan menerbitkan surat utang dengan nilai maksimum US$ 600 juta atau 75,67 persen dari ekuitas konsolidasi perseroan.

Surat utang itu akan dicatatkan di bursa saham Singapura. Untuk melakukan aksi korporasi itu, perseroan akan gelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 1 November 2017.

Rencana transaksi penambahan kepemilikan saham Kideco oleh Indika Energy sempat membuat harga saham Indika Energy melonjak pada awal pekan ini.

Pada pukul 11.09 WIB, saham INDY naik 2,54 persen ke posisi Rp 2.020 per saham. Harga saham INDY sempat berada di level tertinggi 2.150 dan terendah 2.010. Total frekuensi perdagangan saham 4.607 kali dengan nilai transaksi Rp 143 miliar.

Pada pembukaan perdagangan, saham Indika Energy naik 2,03 persen dari Rp 1.970 menjadi Rp 2.010 per saham. Bahkan saham INDY sempat masuk jajaran top gainers pada awal perdagangan saham.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati Aksi Si Pencari Untung Status Awas Gunung Agung

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Bali meminta peritel dan distributor tidak menimbun sembilan bahan pokok (sembako) dengan memanfaatkan situasi siaga darurat Gunung Agung yang berstatus awas.

"Ini terkadang dimanfaatkan oleh oknum tertentu berspekulasi menimbun sembako dengan harapan nanti dijual lebih mahal, ini sangat merugikan masyarakat," kata Ketua Aprindo Bali Gusti Ketut Sumardayasa di Denpasar, Senin (25/9/2017), dilansir Antara.

Menurut dia, kebutuhan masyarakat terhadap sembako mengalami kenaikan pada pekan ini mengingat banyak masyarakat yang membeli dalam jumlah besar untuk disumbangkan dan atau dicadangkan untuk menghadapi bencana.

Dia akan merekomendasikan tindakan tegas kepada pemerintah jika ada spekulan yang mempermainkan harga dalam situasi masyarakat yang sedang dilanda kesusahan.

Senada dengan Sumardayasa, Sekretaris Aprindo Bali I Made Abdi Negara menambahkan, pihaknya akan segera mengirim surat ke Satgas Pangan, kepolisian dan Dinas Perdagangan untuk berkoordinasi sekaligus menegaskan komitmen keberpihakan kepada masyarakat.

"Jangan sampai kami sebagai pengusaha, mengorbankan hati nurani dengan memanfaatkan situasi seperti ini untuk mendapatkan keuntungan. Masyarakat yang terdampak sudah sangat menderita, jangan sampai ikut menari di atas penderitaan tersebut," ucapnya.

Beberapa anggota Aprindo Bali, kata dia, juga telah beraksi cepat menanggapi siaga darurat dan secara khusus juga mendirikan posko peduli bertempat di parkir Keramas Aero Park di Jalan By Pass Ida Bagus Mantra Kilometer 28 Keramas, Gianyar yang akan mulai dioperasikan pada Senin ini.

Jaga Frekuensi Posko Bencana

Sementara itu, Ketua Relawan Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Karangasem, Made Wijaya Mataram mengimbau kepada pengguna radio amatir tidak mengganggu frekuensi yang digunakan Orari Karangasem atau posko bencana Gunung Agung.

"Saya mengimbau kepada warga masyarakat atau pengguna radio amatir tidak menganggu frekuensi yang digunakan Posko Bencana Gunung Agung, salah satunya frekuensi 14.680 Mhz," kata Wijaya dikonfirmasi dari Denpasar, dilansir Antara.

Ia mengatakan, belakangan ini frekuensi radio amatir tersebut diganggu (jemper) oleh para pengguna radio yang tidak bertanggung jawab. Hal itu menyebabkan petugas posko sering terganggu saat berkoordinasi mengenai bencana kegawatdaruratan Gunung Agung, padahal status Gunung Agung adalah Awas sejak ditetapkan PVMBG pada Jumat malam, 22 September 2017.

"Oknum yang menganggu frekuensi itu, antara lain dengan cara berteriak-teriak, memutar lagu-lagu atau berkata jorok. Tindakan mereka seakan tidak peduli dengan kemanusiaan," ucapnya.

Wijaya juga sudah melaporkan ke Balai Monitor (Balmon) Bali untuk mengingatkan dan mengawasi mereka yang sengaja menganggu frekuensi yang digunakan Orari atau posko bencana. Ia menegaskan dukungan komunikasi melalui radio amatir sangat diperlukan dalam penyaluran logistik pengungsi yang tersebar di Bali.

"Mari sama-sama peduli dengan bencana alam Gunung Agung ini, dengan sikap tidak menganggu frekuensi yang digunakan Orari Karangasem," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Puaskan Neymar, PSG Suap Cavani

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

Paris Saint Germain (PSG) benar-benar menganakemaskan Neymar. PSG dikabarkan telah meminta Edinson Cavani untuk memberikan kesempatan kepada Neymar menjadi eksekutor penalti pertama mereka.

Seperti diketahui, Neymar berselisih dengan Cavani di tengah lapangan saat PSG bersua Lyon pertengahan September lalu. Neymar berniat merebut jatah eks pemain Palermo itu sebagai penendang penalti. 

Ketika itu Cavani menolak permintaan Neymar dan tetap mengeksekusi penalti yang berujung pada kegagalan. Hubungan keduanya memburuk usai kejadi tersebut. Neymar berhenti memfollow Cavani di Instagram dan konon meminta PSG untuk segera menjualnya.

PSG nampaknya keberatan bila harus menjual Cavani. El Pais melaporkan, PSG menyiapkan cara baru agar bisa memuaskan Neymar dan Cavani.

PSG mengimig-imingi Cavani bonus satu juta euro asalkan Cavani mau menyerahkan tugas mengeksekusi penalti kepada Neymar. Awalnya bonus tersebut akan diberikan PSG kepada Cavani jika dia mampu jadi top scorer Ligue 1 musim ini.

Namun kini bos PSG Nasser Al Khelaifi akan memberikan bonus tersebut kepada Cavani tak tergantung dengan perolehan golnya di musim ini. Syaratnya cuma Cavani menyerahkan tugas menjadi algojo tendangan penalti kepada Neymar.

Sayangnya bujukan PSG ini tak membuahkan hasil. Walau tawaran tersebut cukup mengiurkan, Cavani menolaknya.

Nasser Al Khelaifi nampaknya harus mencari cara lain meredakan ketegangan di timnya. Sebab Neymar juga sudah menolak permintaannya agar membiarkan Cavani tetap jadi algojo penalti utama.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Sumpah Pocong, Cara Ini Bisa Buktikan Keperjakaan Pria?

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

Situs NikahSirri.com mengklaim, mereka menyediakan layanan bagi orang-orang yang ingin menemukan pasangan untuk menikah. Salah satu layanan yang disediakan situs ini adalah tes keperawanan.

"Nikahsirri.com bekerjasama dengan tim dokter untuk melakukan test keperawanan pada MITRA kami, sehingga dijamin mereka dalam kondisi di malam pertama. Dan, mengingat keperjakaan tidak dapat dilakukan tes fisik, maka Nikahsirri.com, menggantinya dengan 'sumpah pocong' pada MITRA yang mengaku masih perjaka ting ting." Demikian tertulis pada laman situs yang kini sudah diblokir tersebut.

Namun mengenyampingkan klaim Nikahsirri.com, adakah cara yang bisa membuktikan keperjakaan seorang pria?

Jawaban seputar hal ini belum ada yang bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun ada beberapa klaim, yang mengatakan, ada cara khusus untuk membuktikan keperjakaan pria.

Salah satunya adalah klaim dari ahli akupuntur terkenal asal Vietnam, Pham Thi Hong. Mengutip Newser, Senin (25/9/2017), Hong menuntut pembebasan tiga orang terdakwa pemerkosaan, karena dia mengklaim, ketiga terdakwa ini memiliki tanda kalau mereka masih perjaka. Sehingga tidak mungkin sudah melakukan pemerkosaan.

"Mereka semua memiliki titik merah kecil di belakang telinganya," ujar Hong. "Titik ini harusnya hilang jika mereka sudah pernah berhubungan seks. Pengalamanku selama bertahun-tahun mengatakan, para pria ini belum pernah berhubungan seks sebelumnya."

Hong juga mengatakan, seks sesama jenis atau masturbasi tidak akan menghilangkan titik tersebut.

Walau klaim Hong ini berhasil membebaskan ketiga terdakwa pemerkosaan tadi, pernyataan Hong disangsikan oleh banyak pihak, termasuk rekan-rekannya sesama ahli akupunktur.

"Dari sisi medis, tidaklah mungkin untuk menentukan apakah seorang pria sudah pernah berhubungan seks atau belum," ujar ahli akupunktur Nguyen Van Hao.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Soal Penyelundupan Senjata Ini Tanggapan Panglima TNI

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

Begini tanggapan Panglima TNI saat ditanya soal rekaman suaranya tenteng penyelundupan senjata.

Panglima justru menyarankan wartawan untuk bertanya kepada Menko Polhukam bukan pada dirinya. Namun, ia mengakui bahwa suara dalam rekaman tersebut betul suara dirinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Render Video 4K di iPhone 8 dan Galaxy S8, Siapa Lebih Cepat?

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus resmi meluncur beberapa waktu lalu, dan penjualannya telah dibuka lewat jalur pre-order.

.

Seperti diketahui, salah satu keunggulan iPhone adalah dapur pacunya ditenagai chip A11 Bionic. Prosesor ini diklaim lebih cepat 25 persen dari pendahulunya, yakni chip A10 Fusion. 
Hal ini berkat performa dual-core serta 70 persen lebih cepat dan efisien dengan octa-core.

Bagaimana jika performa iPhone 8 dibandingkan dengan Galaxy S8 dari segi kecepatan? Dilansir dari BGR, Senin (25/9/2017), portal teknologi Tom's Guide mencoba menguji performanya.

Mereka menggunakan iPhone 8 dan Galaxy S8 untuk melakukan rendering video 4K berdurasi 2 menit. Pada aplikasi editing di setiap smartphone, mereka menambahkan efek transisi yang sama sebelum menguji kecepatan rendering.

Hasilnya, iPhone 8 mampu menyelesaikannya dalam waktu 42 detik, sedangkan Galaxy S8 perlu waktu sekitar 4 menit. Bahkan smartphone terbaru Samsung, yakni Galaxy Note 8 membutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk menyelesaikan proses rendering.

Sebelumnya, Tom's Guide pernah menguji kecepatan membuka gim berat, seperti Injustice 2. iPhone 8 membutuhkan waktu 11 detik untuk memuat gim, sedangkan iPhone 7 Plus membutuhkan waktu 14 detik, dan Galaxy Note 8 selama 19 detik.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Tahun Baru Saka, Pemkab Mojokerto Gelar Kirab Agung

Posted: 24 Sep 2017 10:00 PM PDT

Memasuki tahun baru saka 1951, Pemkab Mojokerto menggelar Kirab Agung Nuswantara. Masing-masing kecamatan di kabupaten tersebut memperagakan cerita legenda pusaka yang pernah ada di Kerajaan Majapahit, sebagai simbol kejayaan negeri yang telah tercatat dalam sejarah bisa menaklukkan Nusantara. 

Kecamatan Jetis misalnya, dengan mengenakan kostum kolosal, para warganya memperagakan cerita tentang legenda pusaka Watu Blorok. Musik gamelan mengiringi setiap gerakan lakon cerita yang sedang bertarung melawan makhluk halus demi memperebutkan pusaka tersebut.

"Konon, pusaka Watu Blorok ini bisa menjadikan pemimpin menjadi bijak dan berwibawa jika dipegang oleh orang yang benar. Namun, jika jatuh ke tangan orang jahat, mala-petaka akan menimpa negeri ini," kata narator sambil mengiringi peragaan peserta, Minggu (24/9/2017). 

Sedangkan Kecamatan Pungging, para pemain yang dimainkan oleh sekitar 40 wanita ini, mempergakan tarian pusaka selendang biru. Pusaka ini dipercaya sering dipakai oleh putri di Kerajaan Majapahit dan dipercaya memilik ajian yang bisa menjaga pemiliknya dari godaan pria yang ingin berbuat jahat.

Meski akting mereka tak selihai pemain teater, namun cerita yang dibawakan tetap mudah dicerna oleh masyarakat yang datang. Tak ada satu pun dari delapan belas kecamatan yang ada di Kabupaten Mojokerto absen dari kirab tersebut. 

Simak juga video menarik berikut ini:

Sementara itu, Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa menjelaskan, tema pusaka sengaja digunakan untuk memotivasi pemerintahan zaman sekarang. Menurutnya, dengan memilik pusaka saja era dahulu bisa makmur dan sejahtera sehingga bisa dikenang dalam sejarah.

"Majapahit ini dikenal tidak hanya di sini, atau di daerah lain, tetapi sudah dikenal ceritanya hingga mancanegara. Untuk itu, sebagai generasi penerus, dan terlebih kita sebagai warga Mojokerto, sudah seharusnya paham dan mengerti semua tentang Kerajaan Majapahit," turur MKP, sapaan akrab Bupati.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Jurus Menata Ruang Tanpa Jendela

Posted: 24 Sep 2017 09:59 PM PDT

Ruangan di rumah tak semuanya dilengkapi dengan ventilasi. Umumnya ruang yang tak dilengkapi ventilasi seperti kamar mandi, dapur, atau ruang ganti. Tanpa jendela sebenarnya tidak menjadi masalah, selama penataan ruang diatur secara tepat.

(Baca juga: Segarkan Jendela dengan Tanaman Gantung Kreasi Sendiri)

Harus ada harmonisasi antara furnitur, lantai, dan dinding pada ruangan tanpa jendela. Jangan salah, ruang tanpa jendela juga bisa tampil menarik. Kuncinya, Anda harus menerapkan kelima trik dari Rumah.com berikut ini.

1. Warna

Dekorasi ruangan dengan warna cerah guna menciptakan kesan luas dan memberi kesegaran. Terapkan pada dinding, atap, atau lantai. Warna cerah tidak terbatas pada warna putih. Warna-warna pastel seperti kuning muda, pale peach, hijau lembut, atau cotton blue dapat dijadikan pilihan.

Anda juga bisa menggunakan lantai tegel kunci untuk menciptakan nuansa cerah. Padukan dengan warna dari furnitur untuk menciptakan kesan kontras dan atraktif. Perlu diingat agar tidak berlebihan dalam menggunakan warna-warna kontras karena akan membuat ruangan terasa sesak.

2. Cermin

Cermin dapat berfungsi menciptakan ilusi luas sebuah ruang. Tambahkan cermin besar pada sisi dinding shingga tercipta kesan luas. Ini akan membuat siapa pun yang masuk tidak merasa terkurung saat berada di dalam.

Selain itu, cermin dapat difungsikan sebagai pemantul cahaya yang membuat ruang lebih terang.

3. Cahaya optimal

Ruangan tanpa ventilasi cenderung minim cahaya, karena itu Anda harus menciptakan cahaya yang baik agar ruang berfungsi optimal. Hindari warna gelap yang akan menelan cahaya. Gunakan desain plafon gantung. Anda dapat menyematkan penerangan menyebar di balik plafon gantung.

Dengan perencanaan terperinci, cahaya dapat diatur sehingga tercipta ruang yang terang dengan cahaya yang merata. Jika memungkinkan, Anda juga dapat membuat skylight pada plafon. Skylight membuat ruang mendapat pencahayaan alami, terutama di siang hari.

Skylight juga berguna menghilangkan kesan pengap pada ruangan.

4. Dekorasi alami

Tanaman selalu berhasil memberikan efek positif pada ruangan, termasuk ruang tanpa jendela. Tanaman menciptakan kesan natural pada ruang yang memiliki keterbatasan. Letakkan satu atau dua pot tanaman sehingga akan mempercantik dan menghidupkan suasana di dalam ruang.

(Simak juga: Pilihan hunian cantik dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Adanya tanaman juga dapat memecah perhatian dari ketiadaan jendela. Tanaman juga dapat membersihkan udara dan membawa suasana luar ke dalam ruang.

5. Furnitur dan aksesori menonjol

Selain tanaman, Anda dapat menggunakan aksesori lain untuk mendekorasi ruang tanpa jendela. Ornamen kayu, skulptur cantik, atau lukisan dinding dapat membuat ruangan tampil lebih cantik.

Aksesori juga dapat mencuri perhatian, apalagi jika mendapat pencahayaan yang tepat. Namun jangan menyematkan terlalu berlebihan. Aksesori juga membuat ruangan jadi terlihat berbeda. 

 

Dian Probowati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Valencia Geser Real Madrid

Posted: 24 Sep 2017 09:50 PM PDT

Valencia tampil gemilang di pekan keenam Liga Spanyol 2017/18. Minggu (24/9/2017), tim asuhan Marcelino Garcia Toral ini sukses menghajar Real Sociedad 3-2. 

Tambahan tiga angka membuat Valencia mengoleksi 12 poin dan sukses menggeser posisi Real Madrid di klasemen Liga Spanyol. Alhasil, Los Che, julukan Valencia, duduk di posisi ke-4 klasemen sementara. Real Madrid harus puas berada di peringkat 5 dengan koleksi 11 angka.

Pada laga kontra Real Sociedad, tiga gol Valencia lahir via Rodrigo pada menit ke-26, Nacho Vidal (55') dan Simone Zaza, lima menit sebelum bubaran. Dua gol tuan rumah berasal dari Aritz Elustondo (33') dan Mikel Oyarzabal (59').

Kedua tim menyelesaikan pertandingan dengan masing-masing 10 pemain. Real Sociedad kehilangan Igor Zubeldia pada menit ke-68, sedangkan Valencia harus merelakan Geoffrey Kondogbia (79') keluar lapangan. Dua pemain tersebut mendapat kartu merah dari sang pengadil.

Pelatih Valencia, Marcelino GarcĂ­a Toral mengaku gembira dengan kekuatan mental para pemainnya sehingga bisa mengatasi tekanan dari fans Real Sociedad. "Sekarang kami harus konsisten, dan tak perlu memilikirkan dulu Barcelona atau Real Madrid," tegasnya, di El Pais.

Selain Real Madrid dan Valencia, posisi lima besar klasemen Liga Spanyol musim ini berisi Barcelona di puncak (18 poin), disusul Atletico madrid (14 poin) dan Sevilla (13 poin).

 

Sumber: La Liga

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Kalah Lagi, Montella Jadi Bulan-bulanan di Twitter

Posted: 24 Sep 2017 09:45 PM PDT

Netizen atau warganet ramai-ramai mengecam Vicenzo Montella setelah AC Milan dibuat tak berdaya di kandang Sampdoria, dalam lanjutan Serie A, Minggu (24/9/2017). Dalam laga ini, Rossoneri takluk 0-2. 

Ini kekalahan kedua yang dialami AC Milan musim ini. Pada pekan ketiga sebelumnya, Rossoneri sempat dihajar Lazio di Stadion Olimpico. Dengan hasil ini, Milan turun ke urutan enam dengan torehan 12 poin dan kian tertinggal dari Napoli, Juventus, dan Inter Milan.


Milanisti pun tak dapat membendung kekecewaan. Di media sosial, Montella jadi bulan-bulanan. Tanda pagar (tagar) #Montellaout langsung ramai di Twitter usai peluit panjang pertandingan Milan Vs Sampdoria dibunyikan. Akun @TheMilanGuys menulis, "I think it's officially time…#Montellaout." (saya rasa ini saat resmi untuk…#Montellaout).

Adapun akun @Abdixhiku menilai kebijakan Montella mencadangkan Mateo Musacchio dan Andre Silva, dan lebih suka menurunkan Fabio Borini dan Patrick Cutrone, kurang tepat.

"Montella doesn't deserve this team (Montella tidak layak melatih tim ini)," tulisnya.

Selain mencerca Montella, ada pula yang sudah menyodorkan pengganti Montella. Di antaranya akun @millanelloman. Ia memasang foto Antonio Conte dan mengusulkan agar Milan menunjuk pelatih Chelsea tersebut untuk menggantikan Montella.

"This man needed at my club (Pria ini yang dibutuhkan di klub saya)," tulisnya.

Sementara itu, Montella tidak membantah timnya memang bermain buruk dalam laga itu. Sebelum, statistik pertandingan juga menunjukkan bahwa Sampdoria sangat menguasai pertandingan. Anak-anak asuh Marco Giampaolo tercatat 51 persen penguasaan bola. Dari sisi tembakan ke arah gawang, Sampdoria juga unggul tujuh berbanding satu.

"Sulit untuk menjelaskannya dan saya sangat meminta maaf atas penampilan para pemain di lapangan. Kami pantas kalah, kami bermain buruk dan kami tidak punya pembenaran sama sekali," katanya, seperti dilansir calciomercato.com(Abul Muamar)

Saksikan juga Video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buruan Kirim CV, Pendaftaran CPNS 2017 Ditutup Hari Ini

Posted: 24 Sep 2017 09:45 PM PDT

Pemerintah membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di 60 kementerian dan lembaga dan satu pemerintah daerah selama dua pekan. Pendaftaran dibuka sejak 11 September 2017 hingga terakhir 25 September 2017 atau hari ini.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan menjelaskan, sejauh ini pendafatran CPNS 2017 berjalan dengan lancar. Memang ada beberapa pendaftar yang harus melengkapi berkas-berkas kembali karena ada dokumen yang tidak bisa terbaca dengan baik.

"Ada 669 pelamar wajib unggah ulang berkas. Untuk infonya selalu cek di twitter resmi BKN di @bkngoid," jelas dia seperti ditulis Liputan6.com, (25/7/2017).

Tercatat, total pelamar lowongan CPNS 2017 seluruh instansi sejak 11 September hingga Minggu siang mencapai 1.117.943 orang. Pelamar banyak mengincar posisi PNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan instansi dengan jumlah pelamar CPNS 2017 terendah adalah Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

Secara lengkap, berikut daftar lima Instansi dengan pelamar tertinggi. Pertama diduduki oleh Kemendikbud. Posisi kedua adalah Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Posisi ketiga adalah Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Disusul kemudian Kejaksaan Agung (Kejagung). Tertinggi kelima adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sedangkan lima Instansi dengan pelamar terendah adalah Lemsaneg di posisi puncak. Disusul kemudian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Untuk urutan ketiga terendah pelamar CPNS 2017 adalah Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten). Kemudian Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan terakhir Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Setelah pembukaan lowongan CPNS di dua instansi Agustus lalu, kini pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS putaran kedua di 60 (enam puluh) Kementerian/Lembaga dan 1 (satu) Pemerintah Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan, kebijakan penerimaan CPNS Tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.

Khusus untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, ujar Menteri, pertimbangannya karena daerah itu merupakan provinsi pemekaran yang masih sangat kekurangan pegawai.

"Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak 500, sedangkan jumlah lowongan atau formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga, sebanyak 17.428," ujarnya di awal September ini.

Dijelaskan, formasi untuk Kementerian/Lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik (cum laude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.

 

Kementerian

1. Kementerian Keuangan, 2.880
2. Kementerian ESDM, 65
3. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 300
4. Kementerian Ketenagakerjaan, 160
5. Kementerian Kelautan dan Perikanan, 329
6. Kementerian Perindustrian, 380
7. Kementerian PUPR, 1.000
8. Kementerian Pariwisata, 40
9. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, 1.610
10. Kementerian LHK, 700
11. Kementerian Perhubungan, 400
12. Kementerian Luar Negeri, 75
13. Kementerian Desa, PDT, dan Transmigras, 91
14. Kementerian Kesehatan, 1.000
15. Kementerian Pertanian, 475
16. Kementerian Sosial, 160
17. Kementerian Riset, Teknologi, dan PT, 1.500
18. Kementerian PPN/BAPPENAS, 38
19. Kementerian PANRB, 91
20. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 21
21. Kementerian Sekretariat Negara, 178
22. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, 40
23. Kementerian Agama, 1.000
24. Kementerian Perdagangan, 65
25. Kementerian Pemuda dan Olah Raga, 27
26. Kementerian Bidang Polhukam, 25
27. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, 25
28. Kementerian BUMN, 25
29. Kementerian KUKM, 25
30. Kementerian Pertahanan, 50

Lembaga

31. Kejaksaan Agung, 1.000
32. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), 175
33. Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), 98
34. Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), 60
35. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), 28
36. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), 175
37. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), 10
38. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 90
39. Badan Nasional Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), 87
40. Komisi Yudisial (KY), 33
41. Badan Narkotika Nasional (BNN), 275
42. Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), 60
43. Badan SAR Nasional, 160
44. Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP), 300
45. Badan Keamanan Laut (BAKAMLA), 225
46. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), 182
47. Lembaga Penerbagan dan Antariksa Nasional (LAPAN), 99
48. Badan Ekonomi Kreatif, 93
49. Badan Pengawas Obat dan Makanan, 110
50. Badan Intelijen Nasional (BIN), 199
51. Badan Kepegawaian Negara (BKN), 212
52. Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), 157
53. Setjen DPR, 85
54. Badan Informasi Geospasial (BIG), 67
55. Lembaga Administrasi Negara (LAN), 299
56. Mahkamah Kontitusi (MK), 70
57. Kepolisian Republik Indonesia, 200
58. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), 25
59. Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK), 53
60. Lembaga Sandi Negara (LEMSANEG), 26

Provinsi

61. Kalimantan Utara, 500

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Waria Pelaku Pembunuhan Sadis Akhirnya Tertangkap

Posted: 24 Sep 2017 09:45 PM PDT

Seorang waria diduga melakukan pembunuhan sadis terhadap seorang pria di Jember. Jasad korban dibuang ke dalam sebuah sumur setelah dibunuh.

Pelaku mengaku kenal dengan korban setelah bertemu terlebih dahulu di Facebook.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Bawa Belasan Dus Buktikan Setnov Layak Tersangka

Posted: 24 Sep 2017 09:43 PM PDT

Tim Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa belasan dus berisi sekitar 200 bukti penetapan dan dugaan keterlibatan Setya Novanto atau Setnov dalam kasus korupsi e-KTP. Bukti tersebut dibawa ke sidang gugatan praperadilan yang diajukan Setnov di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin hari ini.

"Sekitar 200-an bukti (dalam belasan dus)," ujar Kabiro Hukum KPK Setiadi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (25/9/2017).

Dalam sidang praperadilan kali ini, Tim Biro Hukum KPK akan menyampaikan bukti-bukti keterlibatan Novanto di perkara e-KTP.

Begitupun dengan tim kuasa hukum Setnov, mereka diberikan kesempatan untuk melengkapi bukti-bukti yang belum diserahkan sebelumnya.

"Sesuai dengan acara yang lalu. Hari ini untuk bukti pemohon yang belum dilengkapi, kemudian dari termohon (KPK)," kata Hakim Tunggal Cepi Iskandar.

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah menuturkan KPK akan menyodorkan 200 bukti dokumen penyelidikan kasus e-KTP terhadap Setya Novanto.

"Dari bukti ini dapat ditunjukkan kuatnya kontruksi dari kasus e-KTP ini, termasuk indikasi keterlibatan tersangka (Setya Novanto) yang sudah kita tetapkan," kata Febri.

Febri berharap, majelis hakim tunggal Chepy Iskandar bisa mempertimbangkan secara matang bukti-bukti yang akan diajukan oleh lembaga antirasuah.

Setya Novanto telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi e-KTP, lantaran diduga sebagai salah satu pihak yang mempermainkan anggaran proyek tersebut. Dalam sidang, Setya Novanto disebut kunci anggaran di DPR.

Atas hal tersebut, Setya Novanto melalui kuasa hukumnya menjelaskan keberatannya atas penetapan status tersangka. Salah satu keberatan pihak Setnov, yaitu KPK dianggap tidak memiliki alat bukti dalam penetapan tersangka.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peluang Investasi 10 Bali Baru Dikenalkan Lagi ke Investor Asing

Posted: 24 Sep 2017 09:41 PM PDT

Peluang investasi di 10 Destinasi Pariwista Prioritas kembali diperkenalkan ke berbagai investor asing. Kali ini Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memaparkan peluang ini di ajang Asia-Pasific Real Estate Conference "APREC" 2017, yang berlangsung pada 22 hingga 24 September di Busan, Korea Selatan. Ajang ini diinisasi oleh Federasi Real Estate Dunia (FIABCI).

Di acara ini ratusan pengembang dan investor di berbagai bidang properti dari seluruh dunia hadir. Mulai dari broker, manajer properti, penilai publik, pengembang, konsultan, arsitek, hingga perencana wilayah.

"Dalam acara tersebut hadir sebanyak 300 orang. Mereka adalah pengembang dan investor bidang properti dari seluruh dunia," ujar Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Wisata Prioritas, Hiramsyah S Thaib.

Ia mengatakan, sesi khusus untuk memperkenalkan Indonesia itu ada di sesi utama yaitu "Plennary Session: Real Estate Concert" yang berlangsung pada Sabtu (23/9/217). Dalam kesempatan itu Hiramsyah mempresentasikan pengembangan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas sekaligus mempromosikan peluang investasinya kepada para investor internasional.

Turut hadir dalam acara tersebut berbagai pengembang dan investor bidang properti dari seluruh dunia, termasuk CEO dari Lotte Hotel & Resort, Jay Hung Hwan Kim. Selain itu, turut berpartisipasi Mayor Busan Metropolitan City Byung Soo Seo, President Fiabci-World Farook Mahmood, President Fiabci Korea Edward Tae-yong Gee, Vice Minister of Land, Infrastructure, and Transport South Korea Son Byeong-Suk, serta Member of Parliament South Korea Lee Ju Young.

"Sehingga ini benar-benar menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya 10 destinasi pariwisata prioritas atau yang juga disebut '10 Bali baru'," ucap Hiramsyah.

Hasilnya, respons dari para audiens sangat positif. Mereka rata-rata tertarik dengan keindahan dan keragaman yang ada, sehingga menjadi peluang investasi yang sangat baik.

"Bahkan, salah seorang delegasi dari Malaysia menyampaikan kekagumannya terhadap pemerintah Indonesia yang begitu serius dan progresif dalam mengembangkan pariwisata. Bahkan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan pemerintah Malaysia," kata Hiramsyah.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menyambut baik keikut sertaan Indonesia dalam rangka mempromosikan dan memperkenalkan peluang bagi investor luar untuk berinvestasi di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

Pariwisata, disebut Arief,  telah menjadi sektor unggulan yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo. Dalam banyak kesempatan, presiden turut mempromosikan pariwisata Indonesia dan menempatkan sektor ini sebagai prioritas.

"Pak Presiden Jokowi juga sudah hadir di banyak destinasi prioritas itu," ujar Arief.

Mulai dari Danau Toba, Tanjung Lesung, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Morotai, Raja Ampat, Larantuka, hingga Manado, pernah didatangi. Itu akan memperkuat komitmen pemerintah dalam membangun destinasi baru.

"Diharapkan nama 10 'New Bali' dapat semakin dikenal seluruh dunia dan dapat menarik minat para investor internasional untuk bergabung mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata prioritas Indonesia," ucap Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kena Kasus Narkoba, Mantan T.O.P Big Bang Debut Jadi Idola K-Pop

Posted: 24 Sep 2017 09:40 PM PDT

Nama Han Seo Hee selama beberapa bulan belakangan mencuat gara-gara kasus narkobanya yang melibatkan T.O.P Big Bang. Keduanya mengakui mengisap ganja di rumah T.O.P, dan telah menerima vonis bersalah yang dijatuhkan pada mereka.

Kini, kabar mengejutkan lain datang dari perempuan kelahiran tahun 1995 tersebut. Dilansir dari Soompi, Senin (25/9/2017), dalam sebuah tayangan live di Instagram, Han Seo Hee mengaku akan segera debut sebagai idola K-Pop.

"Aku berniat untuk debut dalam grup beranggotakan empat orang, paling lambat sekitar Januari. Para anggota lain yang akan debut denganku masih muda dan cantik," kata wanita yang juga merupakan mantan pacar T.O.P Big Bang tersebut.

Ia juga mengatakan alasannya untuk tetap debut, meski tersandung kasus narkoba. "Aku memutuskan untuk debut karena aku tetap akan dihujat walau aku diam saja, jadi aku ingin memulai saja," kata dia.

Han Seo Hee mengatakan masih belum tahu konsep apa yang akan diusung grupnya. Namun yang pasti, ia tidak akan muncul dengan konsep innocent alias lugu. "Bagaimana mungkin aku tampil dengan (konsep) innocent, ini tidak cocok dengan kepribadianku. Aku tahu ini bakal gagal," ujarnya menambahkan.

Seperti diketahui, atas kasus narkoba bersama T.O.P Big Bang, Han Seo Hee dijatuhi hukuman percobaan selama empat tahun. Bila dalam jangka waktu ini ia melakukan tindak kriminal yang sama seperti sebelumnya, ia akan langsung dijebloskan ke penjara selama tiga tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak-Anak Pengungsi Gunung Agung Mulai Sekolah

Posted: 24 Sep 2017 09:38 PM PDT

Ratusan anak-anak pengungsi Gunung Agung yang mengungsi di GOR Sweca Pura, Kabupaten Klungkung, Bali, mulai mendaftar ke sekolah yang dekat dari lokasi pengungsian.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 1 Gelgel, Kabupaten Klungkung, A.A Istri Ratu Kartini, di Klungkung, Senin, mengatakan jumlah anak-anak yang sudah mendaftar ke SD 1 Gelgel kurang lebih mencapai 65 orang. "Kami juga masih membuka peluang anak-anak pengungsi Gunung Agung lainnya bersekolah di sini," katanya.

Pihaknya memprediksi akan ada tambahan siswa yang hendak masuk ke SD 1 Gelgel. Karena berdasarkan informasi dari petugas Posko Pengungsi GOR Sweca Pura, ada tambahan pengungsi dewasa dan anak-anak yang datang ke pengungsian.

Ia menegaskan, anak-anak pengungsi yang mendaftar sekolah saat ini sudah langsung mendapat materi pelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada di masing-masing kelas.

"Untuk kapasitas tempat duduk dan meja belajar di sekolah ini mencukupi dan masih dapat menampung siswa lainnya yang ingin bersekolah. Memang untuk sementara ini, siswa masih ada yang belajar di satu meja bertiga orang. Namun, besok meja belajar akan ditambah lagi," ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Gelgel, I Wayan Suryadi, mengatakan dengan ketulusan hati pihaknya menampung anak-anak pengungsi yang ingin bersekolah di SD setempat dengan kapasitas ruang kelas yang memenuhi standar.

"Saat ini jumlah anak-anak pengungsi Gunung Agung totalnya berjumlah 92 siswa dan hari ini mereka sudah mengikuti pelajaran di sekolah ini," katanya.

Dari total 92 orang siswa, ujar Suryadi, terbagi atas siswa kelas satu sebanyak 13 orang, kelas dua (16 orang), kelas tiga (17 orang), kelas empat (19 orang), kelas lima (18 orang) dan kelas enam (16 orang).

"Kami akan tetap menerima dan masih menunggu pendaftaran anak-anak pengungsi Gunung Agung yang ingin bersekolah di SDN 2G Gelgel, sehingga anak-anak ini dapat mengenyam pendidikan dengan layak," ujarnya.

Apabila jumlah anak-anak pengungsi terus bertambah, pihaknya sudah melakukan antisipasi menambah bangku belajar untuk siswa ini, meskipun duduk berhimpitan tiga orang.

Untuk kelengkapan alat tulis, kata dia, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung sudah siap membantu sarana dan prasarana buku-buku untuk anak-anak ini. (I Made Surya dan Ni Luh Rhismawati/AntaraNews)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Potret Pengungsi Gunung Agung yang Tinggal di Atas Truk

Posted: 24 Sep 2017 09:36 PM PDT

Pengungsi Gunung Agung tinggal di truk yang dijadikan tempat penampungan sementara di Klungkung, Bali, Sabtu (23/9). Sebagian pengungsi memilih tinggal sementara dan menyimpan barang bawaan di atas truk karena merasa lebih nyaman. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Pengungsi Gunung Agung tinggal di truk yang dijadikan tempat penampungan sementara di Klungkung, Bali, Sabtu (23/9). Sebagian pengungsi memilih tinggal sementara dan menyimpan barang bawaan di atas truk karena merasa lebih nyaman. (SONNY TUMBELAKA/AFP)

Warga pengungsi Gunung Agung beraktivitas di atas truk yang terparkir di Klungkung, Bali, Sabtu (23/9). Sebagian pengungsi memilih tinggal sementara dan menyimpan barang bawaan di atas truk karena merasa lebih nyaman. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Warga pengungsi Gunung Agung beraktivitas di atas truk yang terparkir di Klungkung, Bali, Sabtu (23/9). Sebagian pengungsi memilih tinggal sementara dan menyimpan barang bawaan di atas truk karena merasa lebih nyaman. (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Pengungsi Gunung Agung beristirahat di atas truk yang terparkir di Klungkung, Bali, Sabtu (23/9). Sebagian pengungsi merasa lebih nyaman tinggal sementara di atas truk dibandingkan dengan ruangan dan tenda yang telah disediakan (AP Photo/Firdia Lisnawati)

Pengungsi Gunung Agung beristirahat di atas truk yang terparkir di Klungkung, Bali, Sabtu (23/9). Sebagian pengungsi merasa lebih nyaman tinggal sementara di atas truk dibandingkan dengan ruangan dan tenda yang telah disediakan (AP Photo/Firdia Lisnawati)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diterapkan di Seluruh Indonesia, Bagaimana Mekanisme E-Tilang?

Posted: 24 Sep 2017 09:33 PM PDT

Penerapan penegakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas secara online, atau E-Tilang , sudah diberlakukan di beberapa kota besar di Indonesia. Menyusul, dalam beberapa waktu ke depan pelaksanaan E-Tilang juga bakal dilakukan secara menyeluruh di semua wilayah di Indonesia.

Penerapan E-Tilang ini dinilai ampuh untuk menanggulangi berbagai macam permasalahan yang ditimbulkan dari penerapan tilang secara manual. Terbukti ketika hal tersebut diberlakukan di wilayah hukum Polrestabes Surabaya, angka pelanggaran serta kecelakaan menurun.

Lalu, bagaimana mekanisme E-Tilang tersebut?

Mengutip akun resmi NTMC Polri, mekanisme E-Tilang ini terbagi menjadi empat bagian:

1. Bagi pelaku yang melakukan pelanggaran lalu lintas akan menerima upaya penindakan berupa tilang
2. Pelanggar yang ditilang mendapatkan nomor BRI Virtual akun (BRIVA)
3. Kode BRIVA ini digunakan pelanggar untuk membayar sistem E- tilang, setelah pelanggar membayar, secara otomatis aplikasi pada petugas tilang akan berubah warna hijau, kalau belum bayar warnanya biru.
4. Setelah denda dibayarkan, masyakat dapat mengambil barang bukti yang disita.

Lalu, apa perbedaan E-Tilang dengan tilang manual? Berikut perbandingannya:
 
Tilang manual:

1. Masih terjadi saling adu argumentasi dan saling merasa benar, ada peluang terjadi pemerasan dan penyuapan.

2. Tidak mampu menindak secara simultan

3. Tidak memberi dampak efek jera

4. Tidak bisa terkoneksi secara online dengan sistem uji SIM dan sistem bagi kepentingan perpanjangan uji SIM.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

E-tilang:

1. Lebih cepat waktu penindakannya

2. Pelanggar tidak perlu hadir sidang di pengadilan negeri

3. Data tilang langsung terkoneksi dengan back office, sehingga diperoleh data akurat

4. Terkoneksi dengan bank untuk pembayaran denda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Australia Akan Bentuk Badan Antariksa Nasional

Posted: 24 Sep 2017 09:33 PM PDT

Pemerintah Australia mengumumkan bahwa negaranya akan membentuk badan antariksa nasional. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan industri antariksanya.

Australia adalah salah satu negara maju di dunia yang tak memiliki badan antariksa.

Menurut Space Industry Association of Australia, Australia dan Islandia adalah dua negara anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) yang tak memiliki badan antariksa nasional.

Pelaksana Tugas (PLT) Menteri Industri, Michaelia Cash, mengatakan merupakan hal yang sangat penting bagi Australia untuk memanfaatkan pesatnya pertumbuhan industri antariksa.

"Badan ini akan menjadi jangkar untuk koordinasi domestik kami dan pintu depan dalam keterlibatan internasional kami," ujar Cash.

Pemimpin politik dan industri Australia berharap bahwa badan tersebut akan menghasilkan ribuan lapangan kerja baru.

Pemerintah Australia memperkirakan industri antariksa di seluruh dunia bernilai lebih dari US$ 318 miliar.

Cash diperkirakan akan mengumumkan detail lebih lengkap atas rencana tersebut dalam International Astronautical Congress di Adelaide, Australia, pada pekan ini.

Konferensi itu akan dihadiri oleh ribuan ahli antariksa dunia, termasuk kepala badan antariksa nasional negara lain dan sejumlah perusahaan swasta.

 

Saksikan Vido Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot Tiba-Tiba Datangi Gedung KPK, Ada Apa?

Posted: 24 Sep 2017 09:32 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tiba-tiba mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (25/9/2017). Djarot yang mengenakan pakaian dinas itu tiba sekitar pukul 10.30 WIB.

Djarot tak mau banyak memberikan keterangan pada awak media.

"Ini hanya PKS (Perjanjian Kerja sama)," kata Djarot yang langsung masuk ke lobi Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha menyatakan, kedatangan Djarot untuk menandatangani kerja sama terkait pajak dan retribusi.

"Ada penandatanganan kerja sama, terkait pajak dan retribusi," kata Priharsa.

Dalam periode Januari hingga akhir Agustus 2017, perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari Pajak Kendaraan Bermo‎tor (PKB), sudah mencapai Rp 5,19 triliun.

Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Wahyu Hariadi merinci, perolehan tersebut didapat dari PKB kendaraan roda dua 2.152.638 unit dan roda empat 1.175.184 unit.

"Masih ada empat bulan lagi, kami optimistis target perolehan PKB tahun ini sebesar Rp 7,9 triliun dapat tercapai," kata Edi, seperti dikutip dari beritajakarta, Senin (4/9/2017).

Menurut Edi, target perolehan PKB tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, yang ditetapkan Rp 7,1 triliun.

"Saya minta masyarakat yang belum menunaikan kewajiban PKB, bisa segera membayarkannya. Sebab, pajak ini nantinya akan dikembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk berbagai program pembangunan," tandas Edi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sekitar 4,67 juta kendaraan roda empat dan roda dua menunggak pajak, atau Belum Daftar Ulang (BDU).

Hal tersebut di ketahui berdasarkan berdasarkan rapat koordinasi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

"Potensi pajaknya mencapai Rp1,8 triliun per 1 Agustus 2017," ujar Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, di Jakarta, Selasa, 29 Agustus 2017.

Saksikan video di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Putri Bungsu Sultan HB X Ajak GenPI Yogya Promosikan Pariwisata

Posted: 24 Sep 2017 09:32 PM PDT

Keberadaan bandara internasional baru di Kulonprogo harus menjadi momentum kebangkitan pariwisata Yogyakarta. Semua pihak harus menyambut dan mempersiapkan diri menyambut peningkatan wisatawan mancanegara (wisman). Destinasi wisata yang ada harus terus meningkatkan standar pelayanan prima agar tidak membuat wisatawan kecewa dan kapok datang.

Peningkatan kapasitas dan kemampuan layanan yang baik itulah yang kini terus dilakukan DPP PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kami terus dampingi anggota PUTRI untuk melakukan peningkatan layanan terhadap wisatawan," tegas Ketua DPP PUTRI DIY, GKR Bendara saat silaturahim dengan GenPI Yogya.

Acara silaturahim tersebut dihadiri anak-anak muda relawan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) chapter Yogya. Mereka adalah para fotografer, videografer, aktivisi media sosial, dan selebgram. GKR Bendara merasa senang bisa melakukan sharing dan berkenalan dengan para anggota GenPI Yogya.

Putri Bungsu Sultan Hamengku Buwono X tersebut mengajak anggota GenPI Yogya untuk terus mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya Yogyakarta. Dia mengingatkan agar promosi dibarengi dengan kesiapan tempat-tempat wisata untuk terus meningkatkan kualitas atraksi maupun fasilitas atau amenitasnya.

"Jangan sampai promosinya gencar, kemudian banyak wisatawan yang datang, tapi saat datang tidak menemukan sesuatu yang memuaskannya. Sehingga yang malah muncul kekecewaan," ucap putri dengan nama kecil GRAj Nurastuti Wijareni ini.

GKR Bendara juga menjelaskan bahwa dengan bandara baru nanti, target wisatawan mancanegara ke Yogyakarta pada 2021 adalah 15 juta wisatawan. Sekarang ini, imbuhnya, wisatawan mancanegara yang ke Yogya baru 3 juta orang.

"Jadi butuh kerja keras dan kerja sama serta promosi dari berbagai pihak," kata GKR Bendara.

Kerja sama dan promosi harus dilakukan dengan kordinasi yang baik. Ia mengibaratkan, kerikil yang dilempar ke danau hanya berbunyi "cepluk". Namun, kalau kerikil-kerikil yang dilempar ke danau maka bunyinya "cepluk, cepluk, cepluk." Sementara itu, kalau kerikil tersebut disatukan di dalam plastik lalu dilempar ke danau maka bunyinya "byuuurr."

Dikatakan pula oleh ibu beranak satu itu, kekayaan destinasi wisata di Yogyakarta sangat komplet. Mulai dari alam, budaya, sejarah, maupun buatan manusia, semuanya ada di Jogja. Semuanya memiliki daya tarik yang luar biasa.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, pun berterima kasih kepada Putri Bungsu Sultan Hamengku Buwono X, GKR Bendara, yang menyambung silaturahmi dengan GenPI Yogya, Generasi Pesona Indonesia yang terus mempromosikan tiga hal melalui media sosial.

Ketiga hal tersebut adalah destinasi wisata, calender of events, dan kebijakan kepariwisataan yang perlu diketahui oleh publik.

"GenPI akan menjadi komunitas yang pro aktif di media sosial, dan menjadi satu kekuatan Pentahelix. GenPI memiliki aspek cultural value dan ke depan akan memiliki peran strategis dalam membangun commercial value bersama Indonesia Tourism Xchange (ITX)," ujar Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini Angkat Mantan Kepala BKPM Jadi Komut Taspen

Posted: 24 Sep 2017 09:30 PM PDT

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan perombakan posisi komisaris utama PT Dana Tabungan Dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen). Dalam perombakan tersebut Menteri Rini mengangkat mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi komisaris utama. 

Bertempat di Kantor Kementerian BUMN lantai 13, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 13 Jakarta Pusat, dilaksanakan penyerahan Salinan Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Taspens. Surat keputusan dengan Nomor SK-207/MBU/09/2017 berisi tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Komisaris Utama Perusahaan Taspen.

Acara dibuka oleh Bandung Pardede Asisten Deputi Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan I Kementerian BUMN pada pukul 09.30 WIB dengan dihadiri oleh Direksi, Dewan Komisaris Taspen serta Pejabat/Pegawai Kementerian BUMN.

Melalui SK-207/MBU/09/2017, Menteri Badan Usaha Milik Negara, memberhentikan Eddy Abdurachman sebagai Komisaris Utama Taspen yang diangkat berdasarkan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-428/MBU/2013 tanggal 17 November 2013, dengan ucapan terima kasih atas sumbangan tenaga dan pikirannya selama memangku jabatan tersebut.

Untuk menggantikan Eddy, SK tersebut juga mengangkat Franky Sibarani sebagai Komisaris Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Dana Tabungan Dan Asuransi Pegawai Negeri.

"Dengan adanya momentum ini diharapkan dapat membawa PT Dana Tabungan Dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) kembali kepada maksud dan tujuan didirikannya Perusahaan ini, yaitu Pelayanan. Semoga menjadi lebih baik lagi kedepannya," tutup Bandung Pardede dalam keterangannya, Senin (25/9/2017).

Franky Sibarani menjabat sebagai kepala BKPM pada 27 November 2014 hingga 27 Juli 2016. Banyak teroosan yang ia lakukan selama menjadi Kepala BKPM.

Beberapa diantaranya adalah perizinan online atau Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi berbasis Elektronik (SPIPISE) pada 15 Desember 2014, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada 26 Januari 2015 dan Layanan 3 Jam Perizinan Investasi pada 11 Januari 2016.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Bungkam BFC, Persib Ingin Hajar Persiba

Posted: 24 Sep 2017 09:30 PM PDT

Persib Bandung kembali gagal menaklukan Bhayangkara FC pada Liga 1 2017. Kemarin, Maung Bandung --sebutan Persib-- hanya bermain imbang 1-1 melawan Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat.

Dalam laga itu, Bhayangkara FC unggul terlebih dahulu melalui sepakan jarak jauh Paulo Sergio. Persib menyamakan kedudukan melalui Michael Essien di babak kedua.

Hasil ini membuat Maung Bandung tak bisa mencatatkan kemenangan atas Bhayangkara FC. Pada pertemuan pertama Febri Hariyadi dan kawan-kawan kalah 0-2 di Stadion Patriot,4 Juni lalu.

"Sekali lagi saya mohon maaf lagi karena ini hasil yang tidak memuaskan. Tapi kita akan syukuri hasil ini," ujar pelatih Persib, Emral Abus di laman resmi klub.

Kegagalan meraih tiga poin di partai kandang membuat Emral tertantang menggantinya di laga tandang. Persib ingin menang atas Persiba Balikpapan di Stadion Batakan, 1 Oktober mendatang.

"Kita ingin dapat poin penuh sebenarnya dan bukan berarti kita maksimal di pertandingan tadi (Persib vs Bhayangkara). Mudah-mudahan di pertandingan berikutnya kita bisa menang walau bermain di kandang lawan," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Bukti Hubungan Spesial Verrell Bramasta - Natasha Wilona?

Posted: 24 Sep 2017 09:30 PM PDT

Hubungan spesial antara Verrell Bramasta dan Natasha Wilona telah lama didengar di telinga publik. Namun, keduanya tetap menyangkal kabar itu dan menganggap satu sama lain sebagai teman baik.

 Verrel Bramasta dan Natasha Wilona | foto: akun instagram bramastavrl

Padahal, berbagai bukti kedekatan mereka telah tersebar di media sosial berkali-kali. Salah satunya melalui unggahan Verrell Bramasta dan Natasha Wilona di Instagram pribadi mereka, baru-baru ini.

Keduanya menulis keterangan foto yang serupa pada sebuah foto. Dalam foto yang diunggah Verrell Bramasta, sang artis tampak menatap ke sebuah sudut. "Just love lookin at you (Aku suka melihatmu)," tulis anak Venna Melinda itu.

Foto yang diunggah Natasha Wilona memperlihatkan dirinya tengah menatap kamera lekat-lekat. "I'm looking at u. Yes you. You r wonderful (Aku melihatmu. Ya kamu. Kau menakjubkan)," tulis perempuan berumur 18 tahun tersebut.

 

Para pengguna Instagram yang menyadari tanda-tanda cinta itu langsung melontarkan tanggapan di kolom komentar. Para warganet menganggap Verrell Bramasta dan Natasha Wilona mulai tak malu menunjukkan hubungan spesial mereka di depan publik.

"cieee udah kode"an ini bbang sama incess," tulis pemilik akun @_shen_jie.

"sekarang udH mulai kode2n y kaliannnnn ...... bntar lagiii booom tgl jadian nya terkuak," sahut @aprylyanursanty.

"Kode kerassss @natashawilona12," ungkap @aniissanr_.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Lain Gunakan Bawang Merah untuk Sehatkan Tubuh

Posted: 24 Sep 2017 09:30 PM PDT

Menyelipkan bawang merah di kaus kaki saat tidur dapat memberikan manfaat kesehatan, di antaranya sebagai detoksifikasi dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain diselipkan, ternyata bawang merah ampuh jika diletakkan di dekat kasur.

Mengutip laman Breaking Muscle, Senin (25/9/2017), meletakkan irisan bawang di dalam kamar, terutama di dekat kasur selama Anda tidur, dapat meredakan berbagai penyakit, misalnya flu.

Meletakkan irisan bawang untuk mengobati flu sangat sederhana. Cukup iris bawang merah atau bawang bombai dan letakkan di sudut-sudut ruangan, seperti kamar tidur dan ruangan lainnya, seperti dikutip dari The Easy Home Stead.

Menurut laman Reach Unlimited, bawang memiliki khasiat antihistamin, meredakan alergi, flu dan asma. Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga mengatakan beberapa khasiat bawang seperti mengatasi batuk, bronchitis dan infeksi. 

 

Saksikan video menarik berikut:

 

Potongan bawang merah disisipkan dalam kaus kaki. | via: pinterest.com

Tak hanya diselipkan di kaus kaki dan diletakkan di dekat kasur, pengobatan dengan bawang juga bisa dengan cara digantung.

Mengutip laman Healdove, bawang merah juga bisa digunakan untuk pengobatan flu. Caranya, potong bawang merah menjadi dua, lalu gantungkan di kamar tidur.

Bau bawang akan meresap ke dalam kamar dan masuk ke tenggorokan dan hidung. Gunakan tas jaring yang biasanya untuk menaruh bawang. Hal ini akan membantu mengobati sinus.

Kandungan flavonoid bawang yang tinggi berfungsi memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu membuat Anda lebih kuat untuk melawan penyakit. Sebuah penelitian menemukan bahwa kekuatan utama flavanoid ini ada di lapisan luar bawang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Bos Facebook Jual Saham hingga Situs Nikahsirri.com

Posted: 24 Sep 2017 09:30 PM PDT

Artikel mengenai bos Facebook yang akan menjual saham dan menyumbangkan hasil penjualannya untuk amal, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com.

Dua artikel lainnya yang menarik perhatian pembaca adalah artikel tentang penemuan asteroid kembar oleh NASA dan situs Nikahsirri.com diblokir Kemkominfo.

1. Bos Facebook Akan Jual Saham Senilai Rp 170 Triliun untuk Amal

Bos Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan berencana untuk menjual saham Facebook dan hasil penjualannya akan disumbangkan untuk amal.

Tidak tanggung-tanggung, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari CNBC, Minggu (24/9/2017), jumlah saham yang akan dijual Zuckerberg antara 35-75 juta lembar saham atau sekitar US$ 6 miliar hingga US$ 12,8 miliar atau sekitar Rp 80 triliun-170 triliun.

Adapun penjualan puluhan juta lembar saham itu akan dilakukan hingga 18 bulan ke depan. Niat ayah dua anak ini menjual jutaan lembar saham diungkapkan dalam pengajuan surat berharga Facebook pada Jumat lalu.

Selanjutnya baca di sini

2. NASA Tangkap Asteroid Kembar Tertua di Tata Surya, Apa Berbahaya?

Layaknya planet, asteroid pun jumlahnya tak bisa dihitung. Benda alam luar angkasa tersebut memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Terbaru, sekelompok astronom NASA menemukan asteroid baru dengan karakteristik yang terbilang unik. Berdasarkan pengamatan, asteroid tersebut berbentuk kembar dan disebut berusia 5.000 tahun.

Menurut yang dilansir Mirror, Minggu (24/9/2017), asteroid kembar ini memiliki 'ekor' di mana ujungnya memiliki pecahan bebatuan. Ekor tersebut membuat bentuknya sekilas seperti komet.

Selanjutnya baca di sini

3. Dianggap Meresahkan, Kemkominfo Blokir Situs Nikahsirri.com

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melakukan pemblokiran akses terhadap situs nikahsirri.com. Pemblokiran situs ini dilakukan sejak Sabtu, (23/9/2017) kemarin sore.

Sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Kemkominfo, Minggu (24/7/2017), keputusan ini dilakukan setelah koordinasi bersama antara Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dengan Kemkominfo.

Keduanya melakukan penyelidikan bersama selama kurang lebih 2x24 jam dan menemukan dugaan adanya pelanggaran tindak pidana UU Pornografi dan UU ITE di situs nikahsirri.com.

Selanjutnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkas Rampung, Pemilik Gudang Obat PCC di Makassar Menghilang?

Posted: 24 Sep 2017 09:29 PM PDT

Polda Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) hingga saat ini belum menyerahkan tersangka kepemilikan ribuan obat PCC di Makassar bernama Alex meski perkaranya telah berstatus P21 alias rampung. Polisi juga belum melimpahkan berkas dan barang bukti.

"Jadi kalau bisa, segera diserahkan untuk merampung kembali berkas tuntutan dan selanjutnya dilimpah ke persidangan," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sulselbar, Salahuddin via telepon kepada Liputan6.com, Senin (25/9/2017).

Namun, pernyataan berbeda disampaikan Kabid Humas Polda Sulselbar, Kombes Pol Dicky Sondani. Ia menyatakan pihaknya sudah menyerahkan berkas, alat bukti, beserta tersangka ke Kejati Sulselbar pekan lalu.

Ia juga menyampaikan pihaknya tidak lagi berwenang atas perkara kepemilikan ribuan obat PCC yang menjerat Alex sebagai tersangka karena berkas sudah dinyatakan P21.

"Kita sudah lakukan tahap dua setelah dinyatakan P21. Jadi, bukan lagi kewenangan di sini tapi sudah tanggung jawab jaksa," kata dia.

Sebelumnya, Alex yang diketahui sebagai gembong peredaran obat PCC di Makassar ditetapkan sebagai tersangka dari hasil pengembangan yang dilakukan anggota Tim Khusus Polres Gowa.

Kasus bermula setelah polisi menangkap dua orang pengedar obat PCC bernama Kasmin (34) dan Muis Dg Nyiko (40) pada Senin, 17 September 2017, sekitar 16.00 Wita. Kasmin ditangkap saat berada di rumah Muis Dg Nyiko yang berlokasi di Jalan Daeng Tata Lama, Kelurahan Pandang-Pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Dari hasil interogasi, kedua pelaku mengaku mendapatkan obat PCC dari sebuah ruko yang berada di Jalan Malengkeri, Makassar. Anggota pun bergegas menggeledah ruko yang diketahui milik Alex tersebut dan berhasil menemukan puluhan karung dan kardus yang berisi ribuan obat PCC beragam jenis.

"Jenis obatnya macam-macam. Ada Tramadol, Somadril, Gastrul, Gynaecosit, Luxuan, Emperor Capsule dan Frixitas. Kalau ditaksir jutaan butir yang memang siap untuk diedarkan ke masyarakat," ujar Kapolres Gowa, AKBP Aris Bachtiar.

Selain ribuan obat PCC berbagai jenis, dalam penggeledahan turut juga diamankan barang bukti berupa senjata api rakitan dan sepeda motor. Alex dan rekannya Soni beserta barang bukti kemudian digelandang ke Mapolres Gowa untuk diproses hukum lebih lanjut.

Namun selang dua hari, kasus tersebut diambil alih oleh Direktorat Narkoba Polda Sulsel. "Iya kasusnya dialihkan ke Polda Sulsel kala itu," ujar Aris.

Menurutnya, pengambilalihan kasus yang menjerat Alex dan rekannya Soni selaku pemilik gudang besar penimbunan obat PCC oleh Polda Sulselbar itu karena terbilang sebagai kasus besar.

"Pihak Polda ingin mengembangkan untuk mencari pelaku lain yang ada didaerah dan terlibat langsung dengan keduanya," ucap Aris.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossa Buka-bukaan soal Afgan

Posted: 24 Sep 2017 09:20 PM PDT

Rossa dan Afgan semakin lengket saja. Diakui Rossa, Afgan merupakan teman diskusi yang menyenangkan. Mereka kerap mencurahkan perasaan masing-masing. Hanya pada Rossa, Afgan bisa mengeluarkan semua unek-uneknya.

 Rossa (Deki Prayoga/bintang.com)

"Seperti waktu dia kerja bareng dengan orang Malaysia, dia curhat ke aku kalau ide-idenya buntu. Kayak gitu sih," ujar Rossa malu-malu saat diwawancara radio Gen FM, Senin (25/9/2017).

Rossa pun buka-bukaan mengenai teman dekatnya itu. Pelantun "Ayat Ayat Cinta" ini mengaku bahwa Afgan bukan tipe laki-laki yang bisa dengan mudah ngobrol dengan orang lain.

"Karena Afgan memang enggak bisa cepat akrab sama orang baru. Perlu waktu yang cukup lama untuknya bisa nyaman dengan orang lain," kata Rossa.

 Pasangan duet Rossa dan Afgan menghadiri resepsi pernikahan Raisa Andriana dengan Hamish Daud di Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Minggu (3/9). Keduanya kompak mengenakan busana serba hitam pada resepsi Raisa - Hamish. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Tak seperti laki-laki yang pernah dekat dengan Rossa, Afgan bukan laki-laki seperti yang ia pikirkan sebelumnya. "Afgan bukan tipe cowok romantis," lanjut Rossa sembari tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keok di Markas Sampdoria, Ini Kata Kapten AC Milan

Posted: 24 Sep 2017 09:15 PM PDT

Raksasa Italia, AC Milan harus menelan pil pahit kala menghadapi Sampdoria dalam lanjutan Serie A pekan keenam, di Stadion Marassi, Minggu (24/9/2017). Klub Italia paling royal di bursa transfer musim panas itu kalah 0-2.

Gol pertama Sampdoria dicetak striker Duvan Zapata pada menit 72 memanfaatkan blunder bek AC Milan, Cristian Zapata yang salah dalam mengantisipasi bola. Adapun gol kedua lahir dari sepakan kaki kiri Ricardo Alvarez yang berlari sendiri di sisi kanan gawang Gianluigi Donnarumma.


Usai pertandingan, bek sekaligus kapten anyar AC Milan, Leonardo Bonucci menyampaikan pesan kepada rekan setimnya. Ia memahami bahwa timnya masih butuh perbaikan.

"Kita harus bekerja keras dengan kepala merendah untuk terus berkembang," tulis Bonucci melalui Instagram.

Ini merupakan kekalahan kedua yang dialami AC Milan musim ini. Sebelumnya, Bonucci dan kawan-kawan dihajar Lazio 1-4 di pekan ketiga di Stadion Olimpico.

"Kita punya potensi untuk menjadi lebih baik, tapi itu semua tergantung pada diri kita masing-masing," ucap Bonucci lagi.

Bonucci sendiri gagal mengantisipasi gol kedua Sampdoria. Ia tak mampu mengejar laju Ricardo Alvarez yang sukses menceploskan sepakan keras dengan kaki kiri.

"Kita harus memberikan yang lebih lagi dan melewati batas kemampuan kita," tambah Bonucci.

Dengan kekalahan ini, AC Milan turun ke peringkat enam dengan torehan 12 poin. Adapun Sampdoria berada satu tingkat di bawah mereka dengan 11 poin, tapi masih memiliki satu pertandingan yang tertunda, yakni melawan AS Roma.

(Abul Muamar)

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pindad Akui BIN Pesan 517 Senjata

Posted: 24 Sep 2017 09:15 PM PDT

PT Pindad (Persero) membenarkan adanya pemesanan ratusan senjata dari Badan Intelijen Negara (BIN). Pengadaan ini dilakukan melalui Polri.

Sekretaris Perusahaan Pindad Bayu A Fiantoro menegaskan, pemesanan itu untuk jenis-jenis senjata yang memiliki kemampuan di bawah standar TNI.

"Jumlahnya ada 517, untuk BIN. Senjata yang berbeda dengan standar TNI, kok," kata Bayu kepada Liputan6.com, Senin (25/9/2017).

Mengenai jenis senjatanya, Bayu enggan menjelaskan lebih rinci. Hanya saja senapan yang dipesan adalah jenis laras panjang.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Hukum Politik dan Keamanan Wiranto menjelaskan seputar isu 5.000 pucuk senjata ilegal. Ia membantah hal itu berhubungan dengan eskalasi kondisi keamanan.

"Hanya adanya komunikasi antarinstitusi yang belum tuntas," katanya dalam jumpa pers di Kantor Kemenkopolhukam.

Informasi keberadaan 5.000 senjata ilegal itu pertama kali dicetuskan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Wiranto segera mengonfirmasi hal tersebut pada Panglima TNI, Kepala BIN, dan Kapolri.

Menurut Wiranto, persoalan seputar isu 5.000 senjata ilegal sudah tuntas. Yang terjadi, kata dia, adalah pengadaan 500 pucuk senjata laras pendek buatan PINDAD oleh BIN. Itu pun bukan merupakan senjata standar TNI.

Wiranto meluruskan informasi yang menyebut jumlahnya 5.000 pucuk. Pengadaan itu digunakan untuk keperluan pendidikan intelijen.

"Pengadaan seperti ini ijinnya bukan dari Mabes TNI, tetapi cukup dari Mabes Polri. Dengan demikian, prosedur pengadaannya tidak secara spesifik memerlukan kebijakan Presiden," kata Wiranto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto meminta agar permasalahan pembelian senjata yang diungkap oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperpanjang. Ia menegaskan, ini hanya permasalahan kurang komunikasi dari TNI dan Polri.

"Masalah ini tidak perlu dipolemikkan. Ada satu komunikasi yang belum tuntas, itu saja," ujar Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam Jakarta, Minggu 24 September 2017.

Dia menjelaskan, Gatot merasa bahwa perlu perizinan dari Mabes TNI karena standar TNI, tetapi ternyata senjata yang dipesan nonstandar TNI. Oleh karena itu, kata Wiranto, izin cukup dari Mabes Polri.

"Maka hanya komunikasi yang perlu disambungkan, dan setelah disambungkan tidak ada masalah, selesai," kata dia.

Menurut dia, senjata yang dipesan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) ini sebanyak 500 untuk kepentingan sekolah intelijen.

"Lima ratus pucuk untuk kepentingan sekolah inteljen. Senjata jenis modifikasi dari standar TNI, jadi bukan standar TNI dan pembuatannya dari Pindad," ujar Wiranto.

Tak hanya itu, Wiranto juga meminta agar permasalahan ini tidak dipolitisasi. Dia menegaskan ini hanya persoalan komunikasi yang belum tuntas.

"Tidak usah dipolitisasi, itu hanya komunikasi yang belum tuntas. Saya jelaskan supaya tidak ada spekulasi tertentu mengenai hal ini. Sebab, kita jelaskan banyak spekulasi muncul. Jangan-jangan ini untuk institusi lain dalam rangka pemerintah lepas kontrol, bukan," terangnya.

Menurut Wiranto, ada juga yang mengatakan jangan-jangan ada kekuatan lain yang ingin melakukan pemberontakan. Namun dia menegaskan, tidak ada hal itu.

"Kita tetap aman, tetap stabil, tidak ada sesuatu yang dikhawatirkan dari keamanan nasional. Saya jamin," ujarnya.

"Kembali jangan ada spekulasi lain tentang hal ini dan setelah saya jelaskan masalah ini, masalahnya seperti ini, tidak perlu dikhawatirkan, sudah itu sudah cukup, jangan nanti senjata ke mana. Ini untuk kepentingan pendidikan intelijen, sudah," kata dia.

Wiranto mengatakan, senjata ini dibeli dari uang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan dari Pindad.

"Setiap ada kebutuhan kita beli dari Pindad, diproduksi Pindad enggak ada masalah, tidak pernah beli senjata dipolemikkan seperti ini," tuturnya.

"Kecuali senjata selundupan dari luar masuk ke Indonesia itu barangkali perlu kita waspadai dan perbincangkan secara spesifik, tapi ini pengadaan senjata lewat nonstandar TNI, lewat APBN untuk kepentingan yang jelas, maka tidak perlu dipolemikkan sama sekali," ujar Wiranto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Indonesia Ini Masuk Busan International Film Festival

Posted: 24 Sep 2017 09:10 PM PDT

Bertambah satu lagi film Indonesia yang berhasil menembus ajang perfilman prestisius di tingkat internasional. Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran (The Carousel Never Stops Turning) dari sutradara Ismail Basbeth, terpilih untuk ditampilkan dalam program A Window on Asian Cinama di Busan International Film Festival, Korea Selatan.

Penayangan di festival yang berlangsung pada 12-21 Oktober mendatang ini, sekaligus merupakan penayangan perdana Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran di dunia.

Dari keterangan tertulis yang diterima oleh Liputan6.com, baru-baru ini, Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran juga masuk dalam nominasi Kim Jiseok Award. Film ini bersaing dengan sembilan film dari negara lain, yakni Tiongkok, Taiwan, Nepal, India, dan lainnya.

Tiga orang juri dari dunia perfilman, yaitu Tony Rayns, Darcy Paquet dan Garin Nugroho akan memilih dua film terbaik untuk menerima hadiah sebesar sebesar 10 juta won atau sekitar Rp 117 juta.

Salah satu hal unik dari Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran, adalah film Indonesia ini didanai secara crowdfunding alias patungan. Publik dipersilakan untuk ikut serta berpartisipasi dalam pendanaan film ini. Beberapa nama yang ikut serta patungan membuat film ini adalah Arifin Putra, Derby Romero, Wulan Guritno, dan lainnya.

Tak hanya secara pendanaan, para sineas juga ikut 'patungan' dalam bentuk tenaga maupun memfasilitasi pembuatan film ini.

Sementara itu, Mobil Bekas dan Kisah-Kisah Dalam Putaran sendiri bercerita tentang warna-warni kisah manusia. Ada seorang akuntan yang tak mampu melupakan mendiang istrinya, seorang pelacur yang hendak melarikan diri, petani yang menjadi korban penggusuran, hingga seorang perempuan yang mencari pembunuh ibunya dan bertemu hantu gentayangan. Dan sebuah mobil bekas, menyaksikan seluruh kisah-kisah mereka.

"Film ini menampilkan sekelumit persoalan Indonesia saat ini, yang terpaut dengan begitu banyak persoalan-persoalan di masa lampau yang tidak juga selesai dan terus menghantui, sejarah panjang kekerasan politik dan eksploitasi sumber daya manusia dan ekonomi yang begitu merugikan rakyat banyak dan dinikmati segelintir orang saja, tutur Ismail Basbeth, dalam pernyataan tertulisnya.

Ada pun jajaran pemain film ini antara lain Cornelio Sunny, Dea Ananda, Gandhi Fernando, Karina Salim, Verdi Solaiman, dan lainnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dihadiri 10 Dinas Pariwisata, Kemenpar Optimis di JTE 2017

Posted: 24 Sep 2017 09:03 PM PDT

Pamor pameran Japan Tourism Expo (JTE) 2017, yang dilangsungkan pada 21-24 September 2017 di Tokyo International Exhibition Center (Tokyo Big Sight), Jepang, membuat industri dan semua elemen penting pariwisata Indonesia bersemangat. Buktinya, perhelatan pameran terbesar di Jepang itu tak hanya didukung 41 industri, tetapi juga dihadiri 10 Dinas Pariwisata dari Indonesia.

"Ini momentum kami untuk menjaring wisatawan mancanegara dari Jepang. Kami tidak ingin wisman Jepang turun di tahun 2017 dan 2018 ini. Pameran ini adalah media yang sangat tepat diikuti oleh Yogyakarta sebagai salah satu destinasi unggulan tanah air," ujar Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Aries Riyanta.

Aries tidak sendirian, hadir pula perwakilan dinas-dinas pariwisata lainnya, seperti Dinas Pariwisata Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Bali, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Tengah.

Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, I Gde Pitana, mengucapkan terima kasih atas kehadiran para dinas dan industri pariwisata di pameran tersebut. Menurutnya, mengikuti pameran JTE 2017 adalah langkah yang cerdas dan tepat.

"Kami optimis bahwa perkembangan pasar Jepang akan mengalami peningkatan, walaupun sempat turun di tahun sebelumnya. Jumlah wisman Jepang sebanyak 287.208 wisman pada periode Januari sampai dengan Juli 2017 atau naik 1,03% dibanding periode yang sama tahun 2016. Ini akan kami terus dorong agar semakin naik, termasuk melalui pameran ini," ucap Pitana.

Ada tiga faktor kunci sukses yang sudah dipegang Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman) Jepang ke Tanah Air. Pertama, imbuh Pitana, perekonomian Jepang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan daya beli masyarakatnya semakin meningkat. Kedua, ada wisman Jepang yang biasa dipanggil dengan Golden Generation, yang dimana wisman ini sering sekali travelling ke Tanah Air pada usia 60 tahun ke atas.

"Dan yang ketiga yang membuat kami percaya diri adalah, akses Jepang yang semakin hari semakin terbuka. Bahkan, kami juga mendapatkan kabar baik dari Japan Airlines yang ingin membuka peluang kembali penerbangan ke Jepang. Saat ini sudah ada tiga maskapai yang terbang ke Tanah Air, yakni Garuda Indonesia, Ana Air, dan Air Asia. Tiga faktor inilah yang membuat Jepang akan terus mendatangi Tanah Air kita, dan kami akan terus berkoordinasi dan berpromosi, ini kami kejar terus," kata Pitana, yang juga didampingi Kepala Bidang Pameran Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia pasifik, Ricky Fauzi.

Hal senada diungkapkan Staf Khusus Bidang Infrastruktur Pariwisata Kemenpar, Judi Rifajantoro. Mantan petinggi Garuda Indonesia itu juga percaya bahwa pasar Jepang akan kembali menggeliat dengan penerbangan-penerbangan langsung ke Indonesia, terutama Bali dan Jakarta.

"Kita juga akan segera bicarakan dengan pihak terkait mengenai hal pesawat charter. Di mana nanti Japan Airlines atau maskapai manapun setelah mengantarkan penerbangan ke Bali dan Jakarta, pulangnya pesawatnya tidak kosong dan bisa mengambil penumpang dari Indonesia maupun dari Singapura. Hal ini akan kami kondisikan dan terus bicarakan dengan pihak terkait," ujar Judi, yang juga hadir di pameran tersebut.

Chairperson Bali Rasa Sayang, sebuah agen travel besar di Jepang,  Makiko Iskandar, mengucapkan terima kasih atas agresifnya Kemenpar dalam menyasar pasar Jepang. Makiko optimis bahwa Jepang akan segera beralih ke Indonesia karena saat ini kompetitor Indonesia hanya Hawaii.

"Nah, jika penerbangan langsung ke Indonesia semakin banyak, maka kami akan menjual banyak paket ke masyarakat Jepang dengan pilihan yang menarik. Jepang itu tidak punya laut, dan mereka saya yakin akan terpukau dengan keindahan yang lengkap yang dimiliki Bali. Mereka juga suka budaya yang dimiliki Yogyakarta, namun saingan Bali saat ini hanya Hawaii. Kami yakin jika ada penerbangan langsung yang semakin banyak, maka masyarakat Jepang akan melupakan Hawaii," ucap Makiko.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikut optimis dengan pasar Jepang, meskipun target 2017 ini cukup fantastis. Dia berprinsip bahwa peran pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pariwisata, adalah membuat regulasi yang membuat industri bisa bergerak secara leluasa untuk mengembangkan bisnisnya.

"Industry lead, government support! Itu yang dibutuhkan untuk membangun ekosistem bisnis yang memberi angin kepada mereka untuk berkembang," kata Arief.

"Jangan sampai government ikut-ikutan menjadi operator. Fungsi dan peran government adalah regulator. Itu saja, jangan offside untuk ikut-ikut menjadi operator. Biarkan itu wilayahnya industri," lanjutnya.

Prinsip itulah yang membuat para industri yang bergerak di sektor Pariwisata merasa nyaman, merasa dilindungi oleh regulasi, dan percaya dengan aturan main yang diundangkan oleh pemerintah.

"Di mana-mana, di seluruh dunia, ya seperti ini. Kalau mau membawa iklim usaha yang sehat dan mendorong pelaku usaha berkreasi lebih cepat, maka regulasi harus konsisten, dan posisi pemerintah harus jelas, sebagai regulator. Pameran ini adalah media untuk para industri unjuk gigi. Selamat melaksanakan pameran dan buat wisman Jepang tertarik untuk ke Tanah Air kita," ujar Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Citizen6: Iseng Berujung Kematian, Bentuk Alis Tak Biasa

Posted: 24 Sep 2017 09:03 PM PDT

Aksi menjahili teman atau orang lain kerap terjaid dikehidupan sehari-hari. Aksi jahil yang dikenal dengan istilah prank ini tidak punya batasan jelas.

Ada aksi jahil bisa yang mengundang tawa dan ada pula kejahilan yang tidak biasa. Bahkan, beberapa aksi jahil malah menyebabkan kerugian besar bahkan kematian orang yang dijahili.

Artikel seputar aksi iseng yang berujung pada kematian menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel tentang ragam jenis alis yang tidak biasa seperti alis ombak menjadi yang kedua terbanyak dibaca. Diikuti artikel yang memuat 6 misteri dunia yang bikin takjub.

Berikut top 3 Citizen6:

1. Jangan Ditiru, 5 Aksi Iseng Ini Berujung Kematian

Tingkah usil atau jahil dengan tujuan menjahili teman atau orang lain biasa kita kenal dengan sebutan prank. Bentuk dari prank sendiri tak terbatas. Berbagai cara dari yang simpel sampai yang paling jahil sejahil-jahilnya pernah dilakukan orang-orang yang biasa disebut prankster.

Prank sendiri sebenarnya dibuat untuk tujuan seru-seruan, mencari tawa dan hiburan. Namun, ternyata ada juga prank yang bukannya berujung bahagia dan malah berakhir tragis. Bahkan, tak sedikit prank berujung pada kematian. Seperti lima prank di bawah ini yang malah berujung kematian tragis.

Selengkapnya..

2. Selain Alis Ombak, Ini 6 Tren Alis dengan Bentuk Tak Biasa

Jika kita lihat beberapa waktu belakangan, media sosial Instagram memang diramaikan dengan perbincangan tren bentuk alis. Dan berikut ini beberapa tren bentuk alis yang cukup populer di Instagram.

Selengkapnya..

3. 6 Misteri Dunia yang Bikin Takjub, Ini Faktanya

Fakta sejarah di dunia ini memang meninggalkan banyak misteri yang belum terungkap. Dengan adanya ilmuwan dan teknologi terbaru, sedikit demi sedikit sejarah misteri di dunia mampu dipecahkan. Fakta yang terungkap bahkan tak pernah terpikirkan kita sekali pun karena begitu dahsyatnya fakta sejarah yang ditemukan oleh para Ilmuwan.

Penasaran misteri apa saja yang ada di dunia ini? Berikut fakta menakjubkan tentang peninggalan sejarah.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Terakhir Mahasiswi di Kupang Sebelum Tewas Gantung Diri

Posted: 24 Sep 2017 09:02 PM PDT

Seorang mahasiswi Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK), Fidelia Fatima (21), mengakhiri hidupnya dengan gantung diri menggunakan seutas tali di dalam kamar kios milik Petrus Dima yang terletak di Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Aksi nekatnya itu diketahui pada Jumat, 22 September 2017, sekitar pukul 07.00 Wita.

Kejadian tersebut diketahui ketika ibu korban, Wilhelmina Ximenes, bersama adik laki-lakinya, Mateos da Costa, mendatangi kios untuk mengambil barang. Saat itu, Wilhelmina memanggil korban yang menginap di dalam kios, tetapi tidak ada jawaban dari korban. Hal ini membuat Wilhelmina penasaran.

"Pintu saya dobrak dan ternyata dia sudah tewas gantung diri," ujar ibu korban, Wilhelmina, kepada Liputan6.com, Sabtu, 23 September 2017.

Ketua RT setempat bersama warga langsung memadati lokasi kejadian. Kemudian, aparat Kepolisian Sektor Oebobo mendatangi lokasi kejadian dan mengevakuasi jenazah korban ke RSB Titus Uly Kupang.

Seorang mahasiswi Universitas Muhammadyah Kupang (UMK), Fidelia Fatima (21) nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. (Liputan6.com/Ola Keda)

Adik korban, Celita Lopez (19), mengatakan korban selama ini memilih tinggal di kios dengan alasan untuk lebih fokus kuliah. Saat ini, korban juga sedang mengikuti tes CPNS pada Kementerian Hukum dan HAM.

"Korban tidak pernah bermasalah dengan siapa pun, karena selama ini orangnya terbuka dengan siapa saja. Bahkan, ada masalah pun dirinya langsung menceritakan kepada teman atau orang terdekatnya," ucap Celita.

Kapolsek Oebobo Polres Kupang Kota, AKP Fajar Virgantara, mengatakan sebelum gantung diri, korban sempat menelepon seorang temannya bernama Esti Dima untuk menceritakan persoalan kuliahnya.

Sekitar pukul 22.50 Wita, korban mengirimkan SMS kepada Esti Dima yang berisi ucapan terima kasih karena sudah berteman dengan korban. "Korban juga sempat mengatakan bahwa dirinya pengen mati," kata AKP Fajar.

Pihak keluarga menolak jenazah korban diautopsi. Pihak kepolisian pun menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga untuk dimakamkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

15 Tahun Beroperasi, Penyelundup Miras Ilegal Dibekuk Polisi

Posted: 24 Sep 2017 09:02 PM PDT

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dit Tipid Eksus) Bareskrim Polri menangkap BH alias KWK terkait dengan importasi ilegal minuman keras. BH ditangkap di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dalam operasi yang digelar mulai Kamis, 21 September 2017.

"Tersangka ditangkap karena memasukkan minuman keras berbagai merek tanpa dilengkapi dokumen atau menyelundup," kata Direktur Tipid Eksus Brigjen Agung Setya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (25/9/2017).

Selain itu, kata Agung, tersangka tidak memiliki izin mengedarkan atau mendistribusikan minuman keras tersebut.

Penangkapan BH bermula dari penggeledahan empat gudang milik tersangka yang ada di Pulau Buru, Tanjung Balai Karimun, dan Batam.

Penyidik menemukan 84 ribu botol minuman keras berbagai merek, baik golongan A, B, dan C. Hasil penyidikan sementara, minuman beralkohol tersebut dibeli tersangka dari Malaysia dan Singapura dan dibawa menggunakan kapal tongkang miliknya.

"Berdasarkan pengakuan tersangka telah melakukan aktivitas ilegal ini selama 15 tahun," ujar Agung.

Saat ini, kata Agung, penyidik masih terus mengembangkan tempat-tempat lain yang diduga sebagai tempat distribusi miras ilegal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Menurut Agung, dampak dari importasi miras secara ilegal adalah berkurangnya penerimaan negara. Padahal, negara tengah mendongkrak penerimaan negara dari sektor bea masuk.

BH dijerat dengan Pasal 142 juncto pasal 91 UU 18 Tahun 2012 tentang Pangan. Pasal ini mengatur pelaku usaha untuk memiliki izin edar dalam menjual pangan olahan.

Polisi juga menjerat tersangka dengan Pasal 62 juncto Pasal 8 UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang mewajibkan pelaku usaha mematuhi ketentuan dalam memperdagangkan barang ke konsumen.

Terakhir, BH dikenai Pasal 204 KUHP terkait penjualan barang yang dapat membahayakan nyawa dan kesehatan orang lain.

"Tersangka telah dilakukan penahanan di Rutan Bareskrim Polri dan diancam hukuman penjara 15 tahun," kata Agung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Kemarau Panjang, Harga Cabai dan Bawang Masih Stabil

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Musim kemarau berkepanjangan mengakibatkan kekeringan di sejumlah wilayah Indonesia. Namun, harga bahan pangan pokok terpantau stabil, kecuali harga jual beras medium (IR64) yang naik sebesar Rp 500 per kilogram (Kg), serta jeruk nipis dan lemon yang hampir 100 persen kenaikannya.

Dari pengamatan Liputan6.com di Jakarta, Senin (25/9/2017), harga cabai dan bawang stabil di Pasar Grogol, Jakarta Barat.

Cabai rawit merah dijual seharga Rp 20 ribu per kg, cabai keriting merah Rp 25 ribu per kg, harga cabai rawit hijau Rp 25 ribu per kg, cabai merah dan hijau besar masing-masing seharga Rp 24 ribu per kg.

Untuk harga bawang merah dan bawang putih biasa dibanderol masing-masing Rp 24 ribu. Sedangkan harga jual bawang putih cutting sebesar Rp 30 ribu per kg.

"Harga cabai dan bawang masih stabil semua sudah sebulan ini. Panen masih banyak. Kalau hujan berkepanjangan, baru deh tanaman cabai membusuk," kata salah satu pedagang sayur mayur di Pasar Grogol, Nardi (41) saat berbincang dengan Liputan6.com.

Nardi mengungkapkan, harga jual jeruk nipis dan jeruk lemon terkerek naik hampir 100 persen. Dari semula Rp 25 ribu per kg jeruk nipis, kini harga jualnya sudah menjadi Rp 35 ribu setiap kilonya. Sedangkan jeruk lemon harganya dari Rp 15 ribu-an menjadi Rp 28 ribu per kg.

"Naiknya hampir 100 persen. Karena barangnya tidak ada. Jeruk lemon dari Palembang dan jeruk nipis dari Jawa dan Sulawesi," tutur dia.

Sementara harga garam merek cumi-cumi turun tipis dari Rp 5 ribu jadi Rp 4 ribu‎ per 400 gram. "Ini saya minta atau pesan sudah dari Sabtu, tapi belum datang-datang juga. Harusnya musim kemarau, garam cepat jadi, tapi nyatanya tidak ada," Nardi mengeluhkan.

Di sisi lain, pedagang daging, Ade (23), mengatakan harga daging sapi di Pasar Grogol tetap stabil di harga Rp 120 ribu per Kg. Akan tetapi, berbeda dengan harga beras. Untuk beras IR64 medium per liter dihargai Rp 9 ribu dan Rp 11 ribu per Kg. Harga per Kg beras ini naik Rp 500 dibanding harga sebelumnya sebesar Rp 10.500 per Kg.

"Dari Pasar Induk Cipinang sudah naik harganya, jadi kami ikut naikkan. Pasokan dari Karawang katanya sudah kurang, barang tidak ada akibat cuaca (kemarau)," ujar pedagang beras, Sam (28), asal Lampung.

Sam‎ mengeluhkan penurunan penjualan beras saat ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Karena harga naik, kualitas beras turun, daya beli turun, penjualan jauh dari omzet cuma 5 kuintal per hari dari sebelumnya bisa 8 kuintal per hari. Orang yang tadinya beli 25 Kg jadi cuma 10 Kg," ujar Sam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Erupsi Gunung Agung di Bali dikhawatirkan dapat mengganggu pasokan bahan pangan ke berbagai daerah. "Pengaruhnya pasti ada, sih. Kalau harga pada naik, biasanya ikut-ikutan menaikkan ‎harga beras," ujar Sam.

Namun tidak bagi Nardi. Dia menilai, bencana alam yang melanda Bali dan sekitarnya akibat erupsi Gunung Agung, tidak akan berdampak pada pasokan bahan pangan.

"Tidak ada pengaruhnya kalau ke pangan. Kebanyakan bahan pangan berasal dari Jawa. Mungkin kalau distribusi Jawa ke Bali ‎akan terganggu, tapi kalau bahan pangan banyak dari Bandung, Bogor, Malang, dan daerah Jawa lainnya," tutur Nardi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Cerdas Berolahraga untuk Pemula

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Menurunkan berat badan dan menjaga badan agar tetap sehat dengan berolahraga lebih penting dibanding hanya sekadar mengikuti gaya hidup.

Gaya hidup yang tidak sehat akan meningkatkan resiko penyakit jantung, diabetes dan lainnya. Namun, berolahraga setiap hari bukanlah kebiasaan yang mudah dibangun.

Jadi, jika Anda berencana untuk mulai berolahraga untuk pertama kalinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar tetap berada di jalur yang benar dalam mencapai kebugaran yang diinginkan seperti dilansir dari Boldsky, Senin (25/9/2017).

1. Pilih sepatu yang tepat

Sepasang sepatu atletik yang tepat akan membantu Anda untuk memulai berolahraga. Sepatu yang memiliki shock absorption akan mengurangi tekanan berlebihan pada kaki Anda sehingga memperkecil terjadinya ketegangan otot dan cedera.

2. Pakaian olahraga yang nyaman

Ketika Anda memilih pakaian olahraga, Anda bisa mengutamakan fungsi dibanding estetika pakaian. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini perusahaan pakaian olahraga sudah mempertimbangkan keduanya. Anda dapat memilih pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik sehingga bisa mencegah infeksi jamur.

Dan jika Anda seorang wanita, Anda disarankan untuk memilih BH olahraga yang bagus. BH yang olahraga yang bagus diharapkan mampu menopang payudara sehingga tidak mengganggu Anda saat bergerak dan sekaligus menghindari sakit punggung.

3. Seminggu 2 kali

Anda dapat memulai olahraga dengan 2 kali latihan setiap minggunya. Anda mungkin berpikir, apa gunanya? Tapi keseluruhan konsep ini akan membuat Anda terbiasa sebagai pemula.

Jadi, pilihlah dua hari dalam seminggu (sesuai dengan kenyamanan Anda), dan berolahraga setidaknya selama setengah jam pada hari-hari itu. Anda dapat meningkatkannya menjadi 3 hari (dan kemudian 4hari) setelah terbiasa.

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

Ketahui sederet keuntungan melakukan olahraga bersama dengan pasangan kamu di sini! (Sumber Foto: FitDay)

4. Waktu yang tepat

Waktu yang tepat adalah waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda untuk berolahraga, setiap orang berbeda-beda. Anda bisa memilih waktu yang paling Anda suka dan bisa rutin melakukannya. Anda tidak disarankan memilih waktu saat Anda biasanya lelah. Hal ini akan membuat anda malas dan ingin melewatkan latihan.

5. Cari teman

Anda bisa mencari teman berolahraga untuk saling mengingatkan, memberi motivasi dan saling bertanggungjawab terhadap rutinitas yang sudah disepakati bersama. Dan jika Anda tidak memiliki teman latihan, mintalah teman untuk mengingatkan rutinitas latihan Anda.

 

Foam Roller | via: coalcreekpt.com

6. Bereksperimen dengan berbagai jenis latihan

Anda tentu lebih senang melakukan apa yang Anda suka daripada yang tidak Anda suka. Untuk pertama kalinya, Anda bisa mencoba berbagai jenis olahraga seperti Zumba, kickboxing, yoga, dan gym, sampai Anda menemukan yang paling disukai. Setelah Anda menemukannya, Anda harus mematuhi komitmen untuk berolahraga.

7. Belilah peralatan

Suatu saat, Anda mungkin tidak dapat berolahraga di luar rumah atau tempat latihan terlalu jauh dari rumah dan Anda malas ke sana. Anda bisa mengantisipasinya dengan seperangkat peralatan olahraga di rumah sehingga tetap bisa berolahraga dengan rutinitas sederhana.

Anda bisa membeli peralatan sederhana seperti : dua set dumbel (satu ringan dan satu sedikit lebih berat), tali melompati dan matras latihan untuk membantu Anda melakukan sit-up yang nyaman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1, Bhayangkara FC Belum Tergeser

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Hingga pekan ke-26, posisi Bhayangkara FC (BFC) di puncak klasemen Liga 1 masih aman. Apapun hasil yang didapatkan oleh Bali United yang akan menghadapi Perseru Serui malam ini, posisi BFC tak akan tergeser.

Bhayangkara FC masih kokoh tempati puncak klasemen. Klub milik Polri ini sukses dapatkan hasil penting saat menahan imbang Persib Bandung 1-1 di Stadion si Jalak Harupat.

Klub yang dipimpin Irjen Pol Royke Lumowa ini seharusnya bisa menang lawan Persib. Namun di menit ke-74, Bhayangkara FC kecolongan gara-gara gol dari Michael Essien.

Meski begitu, perjalanan BFC untuk rebut juara masih panjang. BFC masih harus berhadapan dengan Bali United, Barito Putera, Madura United dan Persija.

Bagaimana peta persaingan juara Liga 1 dan posisi bawah klasemen?

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, pada konferensi pers jelang laga melawan Persib Bandung. (Liputan6.com/Kukuh Saokani)

Klasemen Liga 1 per 25 September (soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketimbang Pacar, Alika Islamadina Lebih Pilih Ini

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Penyanyi Alika Islamadina belum membuka hatinya untuk memadu kasih. Saat ini, dara 23 tahun itu masih betah sendirian.

"Kalau pacaran memang belum sih. Belum ada plan ke sana," kata Alika Islamadina saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Diakuinya, ada hal lain yang jauh lebih penting ketimbang asmara. Yakni, soal pencapaian karier di panggung musik dan kesempatan untuk menjajal hal baru.

"Aku memang lagi fokus berkarier dan pengin travelling. Karena aku baru lulus kuliah, jadi waktunya lebih banyak," Alika Islamadina menjabarkan.

Meski punya banyak teman pria, Alika Islamadina mengaku tak satu pun dari teman-teman prianya mencoba untuk mencuri hatinya.

"Kita lebih banyak yang ke hang out, support each other. Lebih ke jalanin pertemanan banget," Alika Islamadina mengakhiri.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kabar Gembira, Konservasi Global Berhasil Pulihkan Jumlah Penyu

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Sebuah penelitian komprehensif terhadap sarang penyu menemukan peningkatan jumlah hewan bertempurung itu secara signifikan di mayoritas lokasi secara global.

Sebuah analisis terhadap 299 titik sarang dari seluruh tujuh spesies penyu laut menemukan jumlah sarang penyu bertambah secara signifikan pada 94 lokasi, sementara 35 lokasi menunjukkan penurunan signifikan.

Penelitian oleh sekelompok ilmuwan internasional yang diterbitkan pada Minggu 24 September 2017 di Science Advances, menganalisa data yang diambil dari lebih dari rata-rata 16,2 tahun, termasuk dari pesisir Australia, Afrika, Amerika Utara dan Selatan, dan Asia.

Mereka mengatakan kecenderungan positif ini sepertinya berhubungan dengan sejumlah faktor, seperti perlindungan telur dan induk yang bersarang, juga berkurangnya penangkapan. Demikian seperti dikutip dari AustraliaPlus pada Senin (25/9/2017).

Ilmuwan mengatakan, hal itu merupakan hasil menggembirakan yang menunjukkan upaya konservasi global bisa berhasil. Meski demikian, mereka memperlakukan temuan ini dengan "optimisme waspada" dan mengingatkan untuk tidak cepat puas.

"Orang menaruh begitu besar upaya untuk melindungi penyu, dan kami ingin menunjukkan kalau upaya itu berhasil," kata anggota penulis riset Dr Gail Schofield, dari Aristotle University of Thessaloniki di Yunani dan Deakin University di Melbourne.

"Tapi satu kekhawatiran terbesar dengan cerita positif ini adalah orang mungkin berkata, 'Jadi, kenapa masih tetap dilakukan sekarang?'"

Jumlah penyu diperkirakan dengan menghitung jumlah sarang di pantai yang dibuat penyu betina di suatu titik lokasi pada periode tertentu.

Ini berarti setiap peristiwa yang mengakibatkan tingginya kematian penyu remaja, seperti yang dipantau di Pulau Raine di luar pantai Queensland Utara, tidak akan tercermin dalam perkiraan populasi sampai penyu-penyu itu mencapai usia berkembang biak.

"Kami sedang melihat kecenderungan yang mengkhawatirkan di Pulau Raine," kata Dr Schofield.

Kenaikan permukaan laut berakibat erosi pantai dan sarang rusak di Pulau Raine — situs penetasan penyu hijau terbesar di dunia — telah menyebabkan penurunan dramatis pada keberhasilan menetas penyu hijau.

Dan di Mon Repos dekat Bundaberg, ketinggian suhu pasir yang tak normal pada musim menetas 2016-2017 membunuh lebih banyak tukik (anak penyu) daripada biasanya, karena mereka terserang suhu panas saat melata dari sarang di pesisir menuju laut.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dihantam Badai Maria, Bendungan Rusak dan Picu Banjir Bandang

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Akibat dihatam badai Maria, sebuah bendungan di Puerto Rico rusak. Warga yang tinggal disekitar bendungan, terpaksa mengungsi. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Kalahkan AC Milan 2-0, Presiden Sampdoria Lakukan Selebrasi

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ekspersi pelatih AC Milan, Vincenzo Montella usai pertandingan melawan Sampdoria pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk dari Sampdoria dengan skor 2-0.  (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Ekspersi pelatih AC Milan, Vincenzo Montella usai pertandingan melawan Sampdoria pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk dari Sampdoria dengan skor 2-0. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Gelandang AC Milan, Lucas Biglia berebut bola udara dengan penyerang Sampdoria, Duvan Zapata pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk dari Sampdoria dengan skor 2-0. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Gelandang AC Milan, Lucas Biglia berebut bola udara dengan penyerang Sampdoria, Duvan Zapata pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk dari Sampdoria dengan skor 2-0. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Bek AC Milan, Ignazio Abate berusaha merebut bola pemain Sampdoria, Ivan Strinic saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk dari Sampdoria dengan skor 2-0. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Bek AC Milan, Ignazio Abate berusaha merebut bola pemain Sampdoria, Ivan Strinic saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk dari Sampdoria dengan skor 2-0. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Bek Sampdoria, Bartosz Bereszynski berusaha merebut bola gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura saat bertanding pada Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk 2-0 dari Sampdoria. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Bek Sampdoria, Bartosz Bereszynski berusaha merebut bola gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura saat bertanding pada Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk 2-0 dari Sampdoria. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Bek AC Milan, Ricardo RodrĂ­guez berebut bola dengan Bek Sampdoria, Bartosz Bereszynski saat bertanding pada Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk 2-0 dari Sampdoria. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

Bek AC Milan, Ricardo RodrĂ­guez berebut bola dengan Bek Sampdoria, Bartosz Bereszynski saat bertanding pada Liga Serie A Italia di Stadion Luigi Ferraris di Genoa (24/9). AC Milan takluk 2-0 dari Sampdoria. (AFP Photo/Filippo Monteforte)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pujian dan Hujatan untuk Video Musik Terbaru Agnez Mo

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Agnez Mo kembali menjadi pembicaraan warganet setelah merilis video klip terbaru. Kombinasi batik dan lagu barunya dinilai tidak sesuai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hujan Gol di Laga Real Sociedad Vs Valencia

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Simone Zaza kembali menjadi pahlawan Valencia usai ia mencetak gol telat yang memastikan kemenangan 3-2 atas Real Sociedad dalam laga lanjutan La Liga. Dua gol lain Valencia dicetak oleh Rodrigo Moreno dan Ignacio Vidal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pegiat Teater Jepang dan Indonesia Bersatu Pentaskan Dionysus

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Suzuki Company of Toga (SCOT) dan Bumi Purnati Indonesia, perusahaan yang berorientasi pada pengembangan seni budaya Indonesia di dunia internasional, akan menggelar pementasan Dionysus, sebuah tragedi dalam mitologi Yunani. Yang menarik, pementasan teater ini digarap oleh sutradara Jepang dengan aktor-aktor dari Indonesia. Tak hanya itu, selain menggunakan bahasa nasional, pementasan ini juga diperkaya dengan dialog berbahasa Batak, Rejang, Madura, Manado, Sunda, dan Jawa.

Menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Sabtu 923/9/2017), produksi ini rencananya akan dipentaskan pertama kali pada musim panas tahun depan (antara Agustus dan September 2018) di Toga Art Park of Toyama Prefeture Jepang. Sementara pementasan di Indonesia akan digelar di sekitar Oktober 2018.

Gagasan untuk menggabungkan dua ranah teater dengan tradisi yang berbeda ini muncul pertama kali pada 2015, saat Mr Suzuki yang juga seniman teater asal Jepang dan Asia Center Japan Foundation meminta Restu Imansari, pendiri The Bali Purnati Center of Arts, untuk membuat pertunjukan kolaborasi. Hasilnya, pementasan di Toga Jepang pada September 2015 mendapat sambutan sangat baik dari para penonton di Jepang.

Kemudian, Restu dan Suzuki sepakat untuk berkolaborasi mementaskan Dionysus, sebuah tragedi Yunani kuno yang ditulis oleh dramawan besar Athena Euripides.

Audisi pun dibuka untuk menjaring aktor-aktor teater terbaik di tanah air. Digelar awal Juni 2016, proses audisi disambut meriah oleh para kelompok dan pegiat teater di Indonesia.

Dari 43 aktor yang ikut seleksi, 16 orang terpilih mengikuti latihan Metode Suzuki di desa Toga, Toyama Prefektur, Jepang pada 31 Agustus - 14 September 2016. Dari 16 aktor ini, akhirnya terpilih 13 orang untuk ikut pementasan dan menjalani latihan secaraintens di Jakarta, sebelum kembali ke Jepang untuk berlatih di bawah arahan langsung Tadashi Suzuki pada 19 April-7 Mei 2017.

Komposer Jepang, Midori Takada, sebagai penata bunyi dalam karya Dionysus melakukan penciptaan ulang tata musiknya dengan memasukan unsur musik tradisi dari berbagai wilayah di Indonesia ke dalam musik asli Dionysus.

Kostum Dionysus yang dirancang oleh Tadashi Suzuki, akan ditambahkan dengan beberapa kostum baru buatan perancang Indonesia Auguste Soesastro yang menggunakan berbagai kain unik Indonesia.

Kegiatan selanjutnya adalah latihan selama tiga pekan di Yayasan Bali Purnati selama bulan Oktober 2017, untuk pentas selanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Aktifkan Night Shift dan Smart Invert Color di iOS 11

Posted: 24 Sep 2017 09:00 PM PDT

Apple resmi merilis iOS 11 untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod. Sistem operasi ini menghadirkan sejumlah fitur menarik yang membuat perangkat lebih nyaman digunakan.

Di iOS 11, Apple mengubah bagaimana cara kamu mengaktifkan fitur "Night Mode" di iPhone. Diketahui, perusahaan sudah memperkenalkan fitur serupa--"Night Shift"--di iOS 9.3.

Lewat fitur ini, penggunaa dapat menatap layar perangkat dengan lebih nyaman kala malam hari saat akan tidur. Kini, pengguna akan menemukan dua pilihan, yakni Night Shift dan Smart Invert Colors.

Seperti dilansir dari Lifehacker, Senin (25/9/2017), berikut adalah perbedaan dan cara mengaktifkan Night Shift dan Smart Invert Colors di perangkat iOS kamu.

Night Shift

 

Night Shift. Liputan6.com/ Yuslianson

Bagi kamu yang sudah sering atau pernah menggunakan fitur Night Shift sebelumnya, bisa jadi tidak melihat perbedaan yang mencolok seperti di iOS sebelumnya.

Ketika fitur ini dinyalakan, Night Shift akan menyesuaikan warna biru di layar agar tidak menyilaukan mata. Dengan begini mata tidak cepat lelah dan lebih mudah tidur.

Untuk mengaktifkannya, buka Control Panel dengan swipe layar perangkat iOS kamu ke atas. Setelah itu pilih dan tekan ikon Brightness, akan muncul ikon Night Shit. Tekan ikon tersebut untuk mengaktifkan fiturnya.

Smart Inverted Colors. Liputan6.com/ Yuslianson

Apple juga menghadirkan opsi serupa di versi iOS sebelumnya. Berfungsi untuk membantu pengguna yang kesulitan melihat warna di layar, fitur ini akan "mematikan" semua warna yang tampil di layar.

Masih memiliki fungsi yang serupa, fitur ini akan mengubah sebagian besar warna di layar akan menjadi hitam dan warna dasar akan terbalik (inverted) ketika dinyalakan. Bedanya, kini Smart Invert Colors akan mendeteksi data seperti foto dan grafis sehingga warnanya tidak akan berubah.

Untuk mengaktifkannya, klik Settings – General – Accessibility - Display Accomodations - Invert Colors - Smart Invert.

(Theofilus Ifan Sucipto/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Pintar Pasarkan Rumah Pintar

Posted: 24 Sep 2017 08:59 PM PDT

Anda tentu pernah mendengar rumah atau perumahan yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih atau yang dikenal dengan istilah smart home?

(Baca juga: Tips Agen: Jurus Sukses Saat Open House)

Ya, smart home atau rumah yang dilengkapi perangkat pintar memungkinkan penghuninya bisa mengontrol perangkat elektronik yang ada di dalamnya, bahkan dari jarak jauh.

Meski teknologi ini sudah lama dikenal banyak orang, namun belum banyak yang mengaplikasikan smart home device pada huniannya. Namun seiring berjalannya waktu, harga perangkat rumah pintar semakin terjangkau dan banyak digunakan untuk mencegah terjadinya kriminalitas.

Yang menjadi pertanyaan, apakah keberadaan fitur smart home bisa mendongkrak harga penjualan sebuah properti?

Pasalnya, tidak semua orang butuh atau bisa mengoperasikan perangkat canggih ini. Seperti yang dilansir oleh Rumah.com, menurut survei tahun 2016 dari Coldwell Banker, negara maju seperti Amerika Serikat sekalipun hanya 50 persen masyarakatnya yang sudah atau berencana memasang perangkat rumah pintar.

Apa yang membuatnya disebut rumah "pintar"?

Bentuk kata "rumah pintar" bisa bermakna luas. Menurut survei Coldwell Banker, orang-orang menganggap rumah pintar apabila sudah memiliki pengamanan otomatis (seperti kunci gembok dan alarm), kontrol suhu ruangan, pencahayaan, dan perangkat keamanan lain (misalnya detektor asap).

Survei Coldwell Banker juga menyebutkan bahwa mereka yang membeli perangkat rumah pintar tidak hanya datang dari kalangan pecinta teknologi. Jadi, jika Anda berencana menjual atau menjualkan rumah yang dilengkapi dengan fitur rumah pintar, jangan ragu menyebutkannya sebagai salah satu selling point yang patut dibanggakan.

Bahkan menurut survei konsumen, beberapa fitur yang timeless seperti sistem keamanan, pengaturan suhu ruangan, dan lampu otomatis bisa meningkatkan harga jual rumah mulai 3 sampai 5 persen!

Sayangnya, perkembangan teknologi yang begitu cepat bisa membuat perangkat rumah pintar dan aksesorisnya memerlukan update secara berkala. Jadi pastikan sebelum menjual ke pasaran Anda mengetahui tren smarthome device terbaru dan bandingkan dengan yang sudah terpasang saat ini.

Bisa disesuaikan dengan desain ruangan

Bentuk perangkat rumah pintar yang semakin canggih membuatnya fleksibel pada berbagai gaya desain rumah, baik rumah bergaya minimalis ataupun tema lainnya. Dan yang tak kalah pentingnya bisa dipasang pada setiap sudut ruangan.

Jadi, sebagai agen properti Anda harus bisa meyakinkan pembeli bahwa kehadiran perangkat smart home sama sekali tidak mengganggu rencana renovasi ataupun rombakan desain ruangan sesuai dengan keinginan.

(Simak juga: Pilihan hunian di bawah Rp500 jutaan yang dilengkapi fitur smart home)

Jangan lupa menjelaskan dengan rinci cara mengoperasikan fitur smart home pada waktu open house. Untuk urusan ini, sebaiknya Anda mempelajari sebelumnya supaya dapat menguasai teknik pengoperasian dan mempresentasikannya dengan baik.

Selalu update pengetahuan Anda mengenai fitur smart home beserta banderol harga pemasangannya. Hal ini dilakukan supaya Anda lebih dipercaya sebagai broker professional di bidang penjualan rumah pintar.

 

Isnanini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Justin Bieber Resmi Pacaran dengan Scott Disick

Posted: 24 Sep 2017 08:58 PM PDT

Mantan kekasih Kourtney Kardashian, Scott Disick, belakangan ini sudah sangat percaya diri dalam memamerkan kemesraannya dengan Sofia Richie, putri Lionel Richie yang juga pernah menjadi kekasih Justin Bieber.

Setelah tertangkap kamera sedang berciuman di pantai Malibu, Scott Disick dan Sofia Richie akhirnya mulai terbuka dengan hubungan asmara mereka berdua. Akun Instagram fans mereka berdua terlihat memamerkan kemesraan pasangan yang sedang berbahagia itu di tempat umum.

Hal yang membuat publik kembali geger yakni tingkah laku mantan kekasih Kourtney Kardashian, Scott Disick yang di kabarkan meniduri saudara perempuan keluarga Kardashian. (AFP/Bintang.com)

Beberapa video memperlihatkan Scott Disick dan Sofia Richie sedang berciuman di sebuah rumah makan. Mantan Justin Bieber itu terkejut saat Scott memberikan kejutan yang meriah kala itu. Keduanya pun langsung berciuman mesra di depan kerabat mereka dan pelayan restoran.

Sebuah piring dengan tulisan "Congratulations Scott and Sophia!" yang dibuat melalui sebuah cokelat, dipamerkan oleh akun milik fans Scott Disick, @scottthelord.

Sofia Richie dan Scott Disick. (Instagram - @richieupdates)

Unggahan lainnya memperlihatkan Scott dan Sofia sedang berada di atas kapal pesiar bersama beberapa kerabatnya. Terdapat foto dan video yang secara tak langsung memamerkan kemesraan mantan kekasih Kourtney Kardashian dan mantan kekasih Justin Bieber itu.

Video kemesraan putri Lionel Richie dan Scott Disick itu memang tidak dipamerkan di akun media sosial masing-masing. Namun beberapa penggemar menjadikan video dan foto-foto tersebut viral di medsos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: