Rabu, 27 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pasien Gangguan Tidur Familiar dengan Masker Setya Novanto

Posted: 27 Sep 2017 09:35 PM PDT

Pakar kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja RPSGT tahu betul bahwa masker yang digunakan oleh Setya Novanto dalam foto yang akhir-akhir ini beredar luas adalah CPAP. CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) biasa digunakan untuk membantu orang-orang dengan masalah sleep apnea.

"Cuma kan tidak terlihat mesinnya. Ketutupan badan perempuan yang di sebelahnya, kali," kata Andreas dari Snoring & Sleep Disorder Clinic Pondok Indah saat dihubungi Health Liputan6.com pada Kamis, 28 September 2017.

Sleep apnea atau berhenti napas saat tidur memiliki hubungan yang erat dengan penyakit jantung, yang kabarnya juga tengah menimpa Setya Novanto.

"Sleep apnea itu menyebabkan hipertensi, diabetes, stroke, jantung, depresi, bahkan kematian," ujar Andreas.

Gangguan tidur ini, lanjut Andreas, ditandai dengan kebiasaan orang yang mendengkur. "Makanya, jangan remehkan mendengkur. Dan seharusnya, orang yang tidurnya mendengkur tidak diizinkan mengendarai mobil seorang diri," kata Andreas.

Terkait dengan masker yang digunakan Setya Novanto, Andres berujar bahwa pasien-pasien dengan gangguan sleep apnea tahu, masker tersebut adalah CPAP.

"Saya terima mensyen dari pasien yang memang mengetahui bahwa itu CPAP. Jangankan dokter, orang awam saja sudah tahu itu masker buat apa gunanya," kata Andreas menekankan. 

 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hugh Hefner Meninggal Dunia di Playboy Mansion

Posted: 27 Sep 2017 09:32 PM PDT

Hugh Hefner, pendiri majalah Playboy meninggal dunia di usia 91 tahun. Hal ini diungkapkan langsung oleh perwakilan pria tersebut. Namun, tak disebutkan secara detail apa penyebab kematian Hugh Hefner.

(Sumber Playboy Enterprises/Elayne Lodge)

"Hugh M. Hefner, ikon Amerika yang pada 1953 mengenalkan majalah Playboy pada dunia dan mendirikan perusahaan yang nantinya menjadi merek Amerika yang paling dikenal di dunia, meninggal secara damai karena penyebab alami di rumahnya, Playboy Mansion, dikelilingi oleh orang-orang terkasih," tutur perwakilan Playboy, seperti dilansir dari E! News, Kamis (29/9/2017).

Belum ada kejelasan kapan ia akan dimakamkan. Hugh Hefner sendiri tutup usia dengan meninggalkan Crystal Harris, sang istri yang ia nikahi lima tahun lalu, dan empat orang anak.

	Pendiri Playboy Hugh Hefner (Reuters)

Hugh Hefner, yang biasa dipanggil dengan sapaan Hef, meninggal di 'kerajaannya', Playboy Mansion, yang terletak di Holmby Hills, Los Angeles. Ia telah lama tinggal di properti seluas 22 ribu kaki persegi, atau sekitar 2 ribu meter persegi ini.

Tempat ini kerap disebut sebagai pusat pesta pora kalangan Hollywood, tempat sejumlah 'Playboy Bunnies' tinggal di dalamnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Ini Kakus yang Digunakan Raja-Raja Korea 1.000 Tahun Lalu

Posted: 27 Sep 2017 09:32 PM PDT

Arkeolog di Korea Selatan mengekskavasi sisa-sisa sebuah kamar mandi kerajaan. Penemuan tersebut memberikan wawasan tentang fasilitas kebersihan untuk keluarga kerajaan yang hidup lebih dari 1.000 tahun lalu.

Berdasarkan laporan Korea Herald, kakus tersebut terdiri dua lempengan berbentuk persegi panjang dengan tempat pembuangan berbentuk oval di tengahnya.

Dikutip dari Ancient Origins, Rabu (27/9/2017), toilet tersebut dimiringkan dengan tujuan agar limbah mengalir lebih baik. Sementara itu, air disiram secara manual untuk menggelontorkan urine atau tinja.

Toilet di sebuah kerjaan di Korea Selatan yang telah berusia 1.000 tahun. (Culture Heritage Administration)

Menurut KBS Korea, ini merupakan kali pertama sebuah struktur kamar mandi, toilet, dan sistem pengering ditemukan di sebuah situs kuno di Korea Selatan.

Seorang pejabat Administrasi Warisan Budaya Korea Selatan, menjelaskan betapa pentingnya temuan tersebut.

"Kita bisa membayangkan seperti apa kamar mandi yang digunakan oleh keluarga kerajaan, dari material yang digunakan, dan cara menyiramnya," ujar dia.

KBS Korea melaporkan bahwa kamar mandi tersebut digunakan pada Kerajaan Silla, yang berdiri pada tahun 53 SM hingga 935 M. Kerjaan tersebut adalah salah satu dinasti yang paling bertahan lama di dunia.

Para peneliti mengekskavasi lokasi tempat ditemukannya toilet tersebut sejak 2007 di Gyeongju, Korea Selatan.

 

Dua temuan lain di sekitar Gyeongju memperlihatkan bukti adanya ritual pengorbanan manusia dalam Kerjaan Silla. Pada 2015, para arkeolog menemukan sebuah makam dari Abad ke-5 dan 6, yang berisi jasad seorang pria dan wanita berusia 20 hingga 30-an.

Jasad wanita itu tertutup perhiasan emas, namun jasad pria sama sekali tak memakai emas. Para peneliti meyakini bahwa pria itu sengaja dikorbankan dan dikubur bersama perempuan tersebut.

Baru-baru ini, yakni pada Mei 2017, dua kerangka dari Abad ke-5 ditemukan di bawah dinding Istana Wolseong di Gyeongju.

"Dilihat dari fakta bahwa tidak ada tanda-tanda perlawanan saat dikuburkan, mereka pasti sudah dikuburkan saat mereka tak sadarkan diri atau mati," ujar peneliti senior, Park Yoon-Jung.

"Cerita rakyat mengindikasikan bahwa manusia telah dikorbankan untuk menenangkan para dewa dan memohon mereka agar bangunan itu bertahan lama," imbuh dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skenario Jika Bandara Bali Lumpuh Terimbas Gunung Agung

Posted: 27 Sep 2017 09:31 PM PDT

Sebanyak sepuluh bandara terdekat dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali siaga mengantisipasi meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung di Kabupaten Karangasem. Perkiraan total penumpang yang dialihkan penerbangannya mencapai sekitar 5.000 orang dalam satu hari.

"Kami merancang 'plan' tersebut seandainya Bandara Ngurah Rai benar-benar 'kolaps' dan tidak berfungsi," katanya ketika meninjau pengungsi di Gelanggang Olahraga (GOR) Sweca Pura, Kabupaten Klungkung, Kamis (28/9/2017), dilansir Antara.

Ia mengatakan, bandara-bandara terdekat tersebut seperti bandara di daerah Praya (NTB), Balikpapan (Kalimantan Timur), Ujung Pandang (Sulawesi Selatan), Surabaya (Jawa Timur), Soekarno Hatta di Jakarta, Banyuwangi (Jawa Timur) dan juga beberapa bandara terdekat lainnya.

"Untuk alternatif bandara internasional kami pastikan akan dialihkan ke bandara internasional di Lombok. Kami perkirakan sekitar 1.000 penumpang jurusan internasional dalam satu hari," jelasnya. 

Bandara Ngurah Rai, kata dia, telah menyiagakan sebanyak 100 bus mengantisipasi kebutuhan transportasi ke wilayah penerbangan terdekat, selain juga untuk melayani penumpang domestik asal Pulau Dewata.

"Sekitar 3.000 penumpang domestik asal Bali akan dikembalikan ke asalnya masing-masing. Sedangkan sisanya sekitar 2.000 orang, baik penerbangan internasional dan domestik nusantara akan dialihkan melalui jalur darat dan laut dengan alternatif yang ada," tutur dia.

Pihaknya juga meyakinkan dunia internasional bahwa Indonesia siap mengantisipasi keadaan terburuk jika memang Gunung Agung benar-benar meletus, terlebih lagi, Bali sebagai daerah dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terbesar di tanah air. "Pasti akan disiapkan berbagai alternatif terbaik untuk Bali (penerbangan)," katanya.

Sementara itu, Budi Karya juga memberikan perhatian terhadap para penumpang di wilayah Klungkung terkait mobilitas pengungsi ke sejumlah wilayah ke Kabupaten Karangasem.

"Kami sudah siagakan sebanyak lima bus Damri untuk 'standbay'. Tiga bus sudah ada sekarang dan sisanya menyusul. Saya sempat berkomunikasi dengan sejumlah pengungsi dan memang diperlukan alat transportasi yang cukup besar," demikian Budi Karya Sumadi.

Dukungan dari Daerah-daerah Lain 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY siap mengirimkan relawan ke Bali untuk membantu ketika erupsi Gunung Agung terjadi. Saat ini, relawan untuk pemetaan lokasi sudah diterjunkan.

"Kami sudah mengirimkan tiga tenaga relawan ke Karangasem Bali sejak tiga hari lalu dan mereka akan berada di sana selama seminggu untuk orientasi medan," ujar Kepala BPBD DIY Krido Suprayitno, Rabu, 27 September 2017.

Ia menuturkan hasil orientasi akan menjadi bekal pemetaan personel apabila Gunung Agung erupsi. Kondisi itu berbeda saat BPBD DIY mengirimkan relawan dalam jumlah banyak saat tsunami Aceh pada2004. Saat itu, relawan ditujukan untuk proses evakuasi korban reruntuhan bangunan pasca gempa.

Menurut Krido, pemerintah Bali telah menetapkan kondisi kontingensi sampai satu bulan mendatang. Terlebih, penanganan para pengungsi merupakan kewenangan dari pemerintah setempat. Namun, ia mengaku siap dimintai bantuan sebagai konsultan, khususnya terkait manajemen pengungsi.

"Kami punya pengalaman dua kali menangani bencana erupsi gunung berapi pada 2006 dan 2010, namun itu bisa dilakukan atas dasar permintaan mereka (pemerintah Bali)," kata Krido.

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X mengatakan ada peluang memberikan bantuan konsultasi kepada pemerintah Bali. "Tetapi, sampai saat ini belum ada surat dari pemerintah Bali," ucap Paku Alam X.

Terpisah, umat Hindu Dharma yang berada di Yogyakarta menggelar doa bersama untuk Gunung Agung di Pura Jagatnata Banguntapan Bantul, Selasa malam, 26 September 2017. Mereka berharap aktivitas Gunung Agung segera mereda dan tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami ingin berdoa untuk keselamatan dan kebaikan di sana, ini baru tanda tanda, semoga tidak terjadi," kata Wayan Iswara Madya, ketua penyelenggara.

Selain berdoa, mereka juga menggalang dana untuk para pengungsi Gunung Agung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Bocah-bocah pengungsi Gunung Agung ceria saat mengikuti kegiatan belajar di TK. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Suruji menegaskan seluruh sekolah di NTB siap menerima pengungsi erupsi Gunung Bali yang berstatus masih pelajar.

"NTB siap menerima siswa pengungsi Gunung Agung sesuai dengan kebutuhan. Misal mereka mengungsi di Lombok Barat, ya sekolah di Lombok Barat," ujar Suruji di Mataram, Rabu, 27 September 2017.

Dia menerangkan, Dikbud NTB dipastikan siap menerima pengungsi tanpa dibatasi aturan normatif. Dalam kondisi darurat bencana, para pelajar tetap harus menimba ilmu.

"Jadi kalau misalnya ada pengungsi usia sekolah, meskipun dia sedang di SD/SMP/SMA/SMK, dia bebas mau ikut sekolah di mana. Tinggal kita fasilitasi saja," kata dia.

Salah seorang pengungsi, Harjan, asal Desa Karang Langko, Karangasem, Bali, lega dengan informasi yang diterima dari Dikbud. Sebelumnya, ia bingung untuk menyekolahkan kedua anaknya yang ikut mengungsi ke Lombok.

Kedua anaknya itu, kata Harjan, bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah Dangin Seme, Karangasem. Namun karena darurat dan sekolah banyak ditutup, ia memutuskan mengungsi ke rumah keluarganya yang ada di Gerung, Lombok Barat.

Dia kini berencana mendatangi Dikbud NTB untuk mencari tahu persyaratan yang dibutuhkan untuk anak-anaknya yang masih pelajar. "Saya akan ke sana (Dikbud NTB) besok. Mudah-mudahan selama mengungsi, anak-anak saya bisa bersekolah di sini," kata Harjan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP Jelang Seri Asia-Pasifik

Posted: 27 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pembalap MotoGP tengah bersiap memasuki putaran akhir kompetisi 2017. Menanti mereka seri Asia-Pasifik yang berlangsung dalam tiga pekan beruntun.

Setelah melakoni seri Aragon, 24 September lalu, MotoGP akan kembali bergulir di Motegi, 15 Oktober kemudian. Berturut-turut hadir balapan di Phillip Island, 22 Oktober, dan Sepang, 29 Oktober.

Marc Marquez di atas angin menyambut seri tersebut. Kemenangan di San Marino dan Aragon membawa dirinya memuncaki klasemen sementara dengan perolehan 224 angka. Menyusul kemudian Andrea Dovizioso (208) dan Maverick Vinales (196).

Meski unggul, Marquez tidak boleh terlalu percaya diri. Keadaan bisa berubah karena seri Asia-Pasifik bergulir begitu cepat. Tidak ada waktu baginya untuk lengah dan menengok ke belakang.

Setelah Asia-Pasifik, MotoGP akan menutup kampanye di Valencia pada 12 November.  

1. Marc MARQUEZ 224

2. Andrea DOVIZIOSO 208

3. Maverick VINALES 196

4. Dani PEDROSA 170

5. Valentino ROSSI 168

6. Johann ZARCO 117

7. Jorge LORENZO 106

8. Danilo PETRUCCI 95

9. Cal CRUTCHLOW 92

10. Jonas FOLGER 84

11. Alvaro BAUTISTA 70

12. Jack MILLER 56

13. Scott REDDING 56

14. Aleix ESPARGARO 53

15. Loris BAZ 39

16. Andrea IANNONE 37

17. Pol ESPARGARO 37

18. Karel ABRAHAM 28

19. Tito RABAT 28

20. Alex RINS 27

21. Hector BARBERA 23

22. Michele PIRRO 18

23. Bradley SMITH 14

24. Mika KALLIO 11

25. Sam LOWES 2

26. Sylvain GUINTOLI 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Bastian Steel, Anak Marini Zumarnis Pacari Chelsea Islan?

Posted: 27 Sep 2017 09:30 PM PDT

Nama Chelsea Islan, kian melambung bukan lantaran aktingnya yang memukau di beberapa pemetasannya maupun film. Tetapi justru lantaran kisah cintanya yang membuat khalayak penasaran.

Sebelumnya, Chelsea Islan dikabarkan dekat dengan Bastian Steel, mantan personel Coboy Junior. Foto kemesraan mereka pun menjadi viral di media sosial.

Penasaran masyarakat akan kebenaran berita tersebut belum terjawab, kini kembali Chelsea Islan membuat heboh dunia maya.

 Daffa Wardhana, putra Marini Zumarnis yang kabarnya dekat dengan Chelsea Islan. (Instagram/daffawardhana)

Kali ini dirinya berpose bersama Marini Zumarnis, sang suami serta anak Marini. Kala itu mereka merayakan ulang tahun Denny Wardhana.

Foto kebersamaan itu pun diunggah anak semata wayang Marini Zurmanis di akun Instagramnya, Rabu (27/9/2017). Tampak pemain film Rudi Habibie ini pun tersenyum ke arah kamera.

"In a state of missing home. Throwback to Dad's Birthday with the special ones. #familyfirst," tulis Daffa sebagai keterangan foto.

Apakah ini bertanda Chelsea Islan tengah menjalin asmara dengan Daffa, putri Marini Zumarnis yang saat ini tengah menjalani pendidikan di Australia?

 Chelsea Islan pacaran dengan anak Marini Zumarnis? (Foto: Instagram)

Walau belum diketahu kebenaran hubungan Chelsea Islan dan Daffa, namun warganet mendukung. Mereka tak rela kalau cewek 22 tahun ini jatuh cinta pada Bastian Steel.

"Ya berarti chelsea islan matanya masih normal. Ya mending pilih inilah dibanding bastian. Wkwkkw," tulis akun @gym_boy93.

Sementara akun @noorylia_asif1 menambahkan, "Kalau sama sebastian kayak macari anak umur 12 taun."

Dan akun @fr_oley menimpali, "Thank God yang berita yang sebelum nya cuma hoax."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Utang PLN, Rini Soemarno Sebut Sri Mulyani Lebih Khawatir

Posted: 27 Sep 2017 09:30 PM PDT

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati melayangkan surat ke Menteri ‎Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan. Surat tersebut berisi kekhawatiran tentang kegagalan PT PLN (Persero) ‎membayar utang yang berisiko pada keuangan negara.

Menanggapi hal ini, Rini menganggap apa yang dilakukan Sri Mulyani wajar untuk mengingatkan PLN untuk menjaga rasio utangnya. Bahkan Rini menyebut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu terlampau khawatir.

"Semua orang tanya ke saya soal surat PLN. Itu wajar saja sebagai Menkeu mengingatkan kita tolong jagain debt equity ratio. Tapi dia (Sri Mulyani) lebih khawatir dibanding saya," kata Rini saat berbincang dengan wartawan di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Sebagai Menteri BUMN, dia mengaku terus mengingatkan PLN untuk menjaga rasio utang perusahaan tetap sehat. "Ini yang memang selama tiga tahun kita di BUMN menekankan itu terus kepada direksi, bahwa itu harus dijaga. Harus selalu ada worst position, kalau tidak begini, harus begitu, dan lainnya," jelasnya.

Sri Mulyani juga mengingatkan supaya PLN mencari sumber pendanaan yang benar dengan nilai dan tingkat bunga yang masuk akal. Mengelola risiko utang secara baik, agar ke depan tidak mengganggu keuangan perusahaan.

"Sah-sah saja Menkeu ingatkan kita untuk mencari financing yang benar, harga reasonable. Kayak sekuritisasi dari Rp 4 triliun yang ditawarkan, yang mau beli sampai lebih dari Rp 10 triliun, bunga 8,05 persen ditambah fee rata-rata 8,25 persen. Ini cukup bagus," tuturnya.

"Ini yang harus dijaga risk fund-nya dengan baik dan bertanggungjawab. Paling utama soal jangka waktunya, ada yang 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun, dan rate reasonable, masuk pasar saat harga baik. Jadi sebagai Menkeu memang harusnya mengingatkan kita," tandas Rini.

 

 

Menteri Keuangan Sri Mulyani melayangkan surat ke Menteri ‎Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Surat tersebut berisi kekhawatiran tentang kegagalan PT PLN (Persero) ‎membayar utang yang berisiko pada keuangan negara.

Seperti yang dikutip dari surat Menteri Keuangan bernomor‎ S-781/MK.08/2017, soal Perkembangan Risiko Keuangan Negara atas Penugasan Infrastruktur Ketenagalistrikan, Rabu 27 September 2017, Sri Mulyani menyampaikan lima poin penting yang harus diperhatikan Menteri Rini dan Menteri Jonan.

Pertama mengenai kinerja PLN ditinjau dari sisi keuangan terus mengalami penurunan, seiring dengan semakin besarnya kewajiban korporasi untuk memenuhi pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang‎ tidak didukung dengan pertumbuhan kas bersih operasi.

Hal ini menyebabkan dalam tiga tahun terakhir Kementerian Keuangan harus mengajukan permintaan walver pada lender PLN, sebagai dampak terlanggarnya kewajiban pemenuhan covenant PLN dalam perjanjian pinjaman, untuk menghindari cross default atas pinjaman PLN yang mendapatkan jaminan pemerintah.

Kedua, terbatasnya internal fund PLN untuk melakukan investasi, dalam melaksanakan penugasan pemerintah berdampak pada ketergantungan PLN dari pinjaman, baik melalui pinjaman kredit investasi perbankan, penerbitan obligasi, maupun pinjaman dari lembaga keuangan Internasional.

Ketiga, berdasarkan profil jatuh tempo pinjaman PLN, kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman PLN diproyeksikan akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, pertumbuhan penjualan listrik tidak sesuai dengan target, adanya kewajiban pemerintah untuk meniadakan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) dapat berpotensi meningkatkan risiko gagal bayar PLN.

Keempat, Sri Mulyani mengungkapkan, dengan mempertimbangkan bahwa sumber penerimaan utama PLN berasal dari TTL yang dibayarkan oleh pelangan dan subsidi listrik dari pemerintah, kebijakan peniadaan kenaikan TTL perlu didukung dengan adanya regulasi yang mendorong penurunan harga biaya produksi listrik.

"Selain itu, kami mengharapkan saudara dapat mendorong PLN untk melakukan efisiensi biaya operasi, terutama energi primer guna mengantisipasi peningkatan risiko gagal bayar di tahun-tahun mendatang," lanjut Sri Mulyani dalam poin keempat surat tersebut.

Kelima, terkait dengan penugasan program 35 GW, Sri Mulyani berpendapat perlu dilakukan penyesuaian terkait target investasi PLN dengan mempertimbangkan ketidakmampuan PLN dalam memenuhi pendanaan investasi cashflow operasi, tingginya outlook debt maturity profile, serta kebijakan pemerintah terkait tarif, subsidi listrik, dan Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Hal ini diperlukan untuk menjaga sustainabilitas fiskal APBN dan kondisi keuangan PLN yang merupakan sumber risiko fiskal pemerintah," tutup Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Live Streaming Peluncuran Vivo V7+ Perfect Moment

Posted: 27 Sep 2017 09:30 PM PDT

Vivo akan menggelar peluncuran smartphone terbarunya, Vivo V7+, malam ini, Kamis (28/9/2017). Kamu bisa menyaksikan peluncurannya secara live streaming di tautan ini pukul 20.00 WIB. 

Tak hanya itu, acara bertajuk "Perfect Moment" yang diadakan di Hall D1, JiExpo Kemayoran Jakarta ini juga disiarkan live di sembilan stasiun televisi nasional dengan durasi 90 menit. Indosiar dan SCTV menjadi beberapa di antaranya.

Acara Perfect Moment ini juga turut dimeriahkan sejumlah musisi kenamaan Tanah Air, termasuk Selfie Icon dan Brand Ambassador pertama Vivo, Agnez Mo.

Prosesi peluncuran Vivo V7+ juga dimeriahkan Brand Ambassador lainnya, seperti Afgan, Pevita Pearce, Al Ghazali, Prilly, dan masih banyak lagi. Konsepnya akan seperti pertunjukan konser drama musikal dan diakhiri dengan peluncuran V7+.

Vivo V7+ hadir dengan konsep layar 5,9 inci nyaris tanpa bezel (bezeless) di pinggir kiri dan kanannya. Layar smartphone ini mengusung aspek rasio 18:9 dengan panel IPS beresolusi 1.440x720 piksel.

Pada bagian atas, tampak kamera depan smartphone terpasang rapi. Kamera depan bisa dibilang menjadi daya jual terkuat Vivo V7+ karena menjadi smartphone pertama yang mengusung kamera depan dengan resolusi 24MP.

Dapur pacu Vivo V7+ sendiri dipersenjatai prosesor octa core Snapdragon 450 berkecepatan 1,8GHz dan mengusung RAM 4GB.

Memori internalnya seluas 64GB dan bisa ditambah dengan microSD. Sementara baterainya berkapasitas 3.225 mAh.

(Isk/Cas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produser Star Wars Bakal Filmkan Kimi No Na Wa Versi Live Action

Posted: 27 Sep 2017 09:20 PM PDT

Kimi No Na Wa alias Your Name, akan segera menambah panjang daftar film anime Jepang yang diadaptasi ke Hollywood. Dilansir dari Variety, Rabu (28/9/2017), Paramount Pictures dan perusahaan milik produser film Star Wars, J.J. Abrams, Bad Robot, memenangkan hak untuk mengadaptasi film anime sukses ini.

J.J. Abrams dan Lindsey Weber dari Bad Robot akan duduk di bangku produser, bersama dengan produser di film aslinya, Genki Kawamura. Eric Heisserer yang masuk menjadi nomine Oscar 2017 lewat Arrival, bergabung sebagai penulis naskah film ini.

Yoshishige Shimatani, CEO Toho Co yang memproduksi anime Kimi No Na Wa, mengungkapkan rasa bangganya atas proyek ini. Perusahaan Jepang ini, memang dilibatkan dalam proses produksi, sekaligus menangani distribusi film versi live action ini di Jepang.

"Kami sangat bersemangat bisa bekerja sama dengan talenta hebat dari Hollywood dan bersama-sama membuat versi live action dari film ikonis Jepang Your Name," tutur Yoshishige Shimatani.

Ia menyebutkan bahwa pertemuan antara para sineas telah berlangsung, dan ia optimistis cerita antara Taki dan Mitsuha yang seperti mimpi, bisa diceritakan dengan hebat.

Bila Yoshishige Shimatani menyambut proyek ini dengan antusias, maka hal sebaliknya terjadi di media sosial. Banyak penggemar yang menyayangkan film anime ini dibuat versi Hollywood. "#Yourname/ #kiminonawa adalah sebuah karya besar yang tak butuh diadaptasi di Hollywood, terutama tak perlu di-white wash!" tulis seorang warganet di Twitter.

"Jangan biarkan Hollywood merusak Kimi No Na Wa seperti yang dilakukan pada Death Note," cuit yang lain.

Kimi No Na Wa sendiri berkisah tentang Taki dan Mitsuha, dua remaja yang tinggal di tempat yang berbeda di Jepang. Satu saat, keduanya menemukan bahwa mereka bertukar tubuh. Mereka mulai saling mengenal kehidupan masing-masing, namun sebuah bencana besar ternyata membayangi keduanya.

Di negaranya, film garapan Makoto Shinkai ini sukses besar, menduduki puncak box office selama 12 minggu dan meraup pendapatan sebesar US$ 303 juta atau lebih dari Rp 4 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Champions: Klasemen Lengkap Grup A-D

Posted: 27 Sep 2017 09:15 PM PDT

Liga Champions telah memasuki matchday kedua. Sejumlah klub unggulan menuai hasil positif pada pekan kedua ini.

Dari Grup A, MU tetap kokoh di puncak klasemen. Kemenangan atas CSKA Moskow dinihari WIB tadi membuat Setan Merah meraih poin sempurna dari dua laga.

Dari Grup B Liga Champions, PSG juga tetap mendominasi klasemen. Kemenangan telak 3-0 melawan Bayern Munchen membuat mereka tak terkejar.

Sementara dari Grup C, wakil Inggris lain, Chelsea berada di puncak klasemen. Hal ini tidak lepas dari kemenangan mengejutkan di markas Atletico Madrid dengan skor 2-1.

Musuh bebuyutan Real Madrid, Barcelona untuk sementara menguasai Grup D. Mereka mengoleksi enam poin dari dua laga setelah menang atas Sporting CP dinihari WIB tadi.

Berikut klasemen Liga Champions pada pekan kedua:

Klasemen sementara Grup A

Sumber: UEFA

Klasemen sementara Grup B

Sumber: UEFA

Klasemen sementara Grup C

Sumber: UEFA

Klasemen sementara Grup D

Sumber: UEFA

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Startup Lokal Punya Peluang Besar di Kancah Internasional

Posted: 27 Sep 2017 09:15 PM PDT

Konferensi IDByte 2017 hari ke-3 yang berlangsung pada Kamis (28/9/2017) dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dalam pidato pembukaannya, Jokowi menyampaikan peluang industri teknologi lokal terus berkembang agresif.

Jokowi berkata, masyarakat kini hidup dalam era keterbukaan dan persaingan. Dengan teknologi, telekomunikasi dan konektivitas, orang bisa dengan mudah melakukan kegiatan sehari-hari.

Contoh saja memesan tiket online, melakukan transaksi payment melalui smartphone via platform seperti Alipay, dan masih banyak lagi.

"Orang India saja beli gorengan di pasar udah enggak pakai tunai lagi, mereka bayar pakai smartphone. Ini membuktikan orang-orang sudah berani mengejar inovasi teknologi terbaru," ujar Jokowi saat pembukaan konferensi IDByte di Ritz Carlton Ballroom, Jakarta.

Jokowi juga mengaku, pemain lokal—dalam hal ini perusahaan teknologi—masih memiliki peluang besar untuk bisa maju ke ranah global.

Karena itu, semua pihak mau tak mau harus fleksibel menerima perubahan teknologi. Sebab, perubahan teknologi yang semakin maju diklaim memicu peningkatan daya saing antar perusahaan teknologi lokal dan internasional.

"Kita tidak punya pilihan. Perubahan ini tidak bisa dibendung dan ditolak. Karena jika kita terus menutup diri, pasti akan kehilangan kesempatan dan daya saing," ujarnya.

Dengan begitu, Jokowi melanjutkan, negara-negara yang berhasil memanfaatkan inovasi seperti ini, daya saingnya sudah pasti akan lebih tinggi. Otomatis, pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat tajam.

"Jadi, apakah kita akan menyerah dengan raksasa global internet? Sama sekali tidak, kita boleh pasrah. Pemain lokal masih punya peluang sangat besar," pungkasnya.

IDByte 2017 sendiri telah digelar dari Selasa (26/9/2017). Acara yang digelar Bubu.com dan mendapat dukungan dari Indosat Ooredoo ini mengusung tema "Connected" ini diwarnai dengan seminar dan konferensi, pameran TechGiants Indonesia, dan puncak acara Bubu Awards pada Kamis (28/9/2017).

Dengan kegiatan berupa konferensi, IDByte juga menjadi acara untuk bertukar ide, pemikiran, dan gagasan melalui hadirnya pembicara internasional yang dipercaya bisa memiliki impact bagi bakat-bakat muda untuk memajukan bisnis digital Indonesia.

Pembicara yang berpartisipasi, di antaranya Amanda Kelso dari Instagram, Piotr Jakubowski dari Go-Jek, Daniel Egan dari Microsoft, dan lain-lain.

Adapun puncak acara IDByte 2017 akan ditutup dengan penganugerahan Bubu Awards bagi talenta-talenta unggulan sebagai bentuk apresiasi dalam memajukan industri digital. Dalam penganugerahan itu pula akan diumumkan hasil kompetisi Virtual Startup Hunt Bubu Awards V.10.

(Jek/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons IDI soal KPK Minta Periksa Kesehatan Setya Novanto

Posted: 27 Sep 2017 09:15 PM PDT

Foto Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto yang sedang dirawat di rumah sakit membuat geger warganet. Dalam foto tersebut, Setnov, pangggilan akrabnya, tampak terbaring dengan infus menempel.

Tak hanya infus, pada hidung Setya Novanto terdapat alat yang belum diketahui berfungsi apa. Tampak dia dijenguk seorang wanita yang berdiri di sampingnya.  

Di dalam foto juga, Setnov tampak terbaring lemah di tempat tidur rumah sakit. Setengah tubuhnya tertutup selimut cokelat, dengan mata tertutup.

Menyoal foto Setnov yang beredar, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, akan mengirim surat kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

KPK perlu bantuan IDI terkait kesehatan tersangka proyek e-KTP Setnov. Lantas bagaimana tanggapan IDI soal permintaan KPK tersebut?

"Maaf, saya belum mau berkomentar soal itu (lebih rinci) lagi. Ya, intinya KPK meminta second opinioin ke IDI. Saat ini (dari IDI) sudah ada tim medis yang sedang memproses soal itu," kata Sekjen IDI Adib Khumaidi kepada Health Liputan6.com, Kamis (28/9/2017).

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Ini Tipe Orang yang Hobi Selingkuh

Posted: 27 Sep 2017 09:15 PM PDT

Untuk Anda yang masih single sampai saat ini, berhati-hati saat mencari pasangan yang tepat. Jangan sampai Anda terjebak dengan orang yang hobi selingkuh. Salah satu faktor mengejutkan tentang tipe orang yang suka selingkuh adalah jumlah saudara yang dimilikinya.

Simak di sini apa saja alasan yang membuat pria memilih untuk putus cinta dari pasangannya, penasaran? (iStockphoto)

Dilansir dari aol.com, Kamis (28/9/2017), jumlah saudara yang dimiliki seseorang bisa menjadi faktor seseorang lebih rentan melakukan selingkuh. Sebuah situs kencan melakukan penelitian pada anggotanya untuk melihat tipe orang seperti apa yang lebih cenderung menipu pasangannya atau selingkuh.

Hasilnya mengejutkan, seorang anak tunggal akan berusaha mencari hal lain di luar dirinya ketimbang mereka yang dilahirkan dengan saudara kandung. Situs tersebut menemukan sekitar 34% anggotanya diidentifikasi sebagai anak tunggal dan kerap selingkuh.

Bagaimana jadinya jika Anda putus cinta dengan rekan kerja sendiri? Simak di sini beberapa tipsnya. (iStockphoto)

Sedangkan 28% partisipan merupakan anak sulung dan 23% sisanya adalah anak bungsu di keluarga mereka. Jika Anda tidak ingin berhubungan dengan orang yang suka selingkuh, cobalah mencari anak tengah, di mana 15% partisipan yang tidak pernah selingkuh adalah anak tengah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Kasus Eks Wali Kota Palembang Romi Herton

Posted: 27 Sep 2017 09:13 PM PDT

Mantan Wali Kota Palembang Romi Herton meninggal dunia di RS Hermina Serpong setelah terserang jantung. Dia mengembuskan napas terakhir sekitar pukul 02.45 WIB.

Romi Herton telah menjabat Wakil Wali Kota Palembang mendampingi Wali Kota Palembang, Eddy Santana Putra pada periode 2009-2013. Lalu ia maju bersama pasangannya, Harnojoyo pada bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2013-2018.

Pasangan nomor urut 2 ini akhirnya memenangkan suara sebanyak 316.915 suara dan menang tipis dari pesaingnya nomor urut 3, Sarimuda-Nelly Rasdania dengan jumlah 316.923 suara.

Namun setelah duduk sebagai Wali Kota Palembang, Romi Herton terpaksa menanggalkan jabatannya. Dia dinyatakan terbukti melakukan suap sengketa Pilkada 2013 ke Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar hingga membuatnya dipenjara.

Persekongkolan Akil Mochtar terbongkar setelah KPK menangkap di rumahnya, Widya Chandra, Jakarta Selatan, pada Rabu malam 2 Oktober 2013. Kala itu, Akil ditangkap terkait suap kasus sengketa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Gunung Mas di Provinsi Kalimantan tengah.

"Pada awal September 2013, KPK sudah memulai penyelidikan terhadap dugaan tindak pidana korupsi kemudian dilakukan AM selaku hakim MK. Berdasarkan penyelidikan itu, diketahui informasi yang berkembang, akan terjadi penyerahan uang di kediaman AM," kata Ketua KPK saat itu, Abraham Samad, Kamis 3 Oktober 2013.

Kasus pun kemudian dikembangkan. Penyidik KPK menemukan banyak kasus yang ditangani Akil Mochtar terkait sengketa Pilkada. Salah satunya Pilkada Palembang.

Setelah mendapatkan bukti dan keterangan dari Akil Mochtar, KPK memeriksa Wali Kota Palembang Romi Herton dan istrinya, Masyitoh. Keduanya digarap KPK pada Kamis 10 Agustus 2014 pukul 10.00 WIB.

Diperiksa selama sekitar tujuh jam, Romi Herton dan istrinya keluar dari Gedung KPK pukul 17.40 WIB. Keduanya pun kompak mengenakan rompi tahanan KPK berwarna orange. Mereka ditahan di rutan berbeda. Romi ditahan di Rutan Guntur, Jakarta, sedangkan istrinya ditahan di Rutan KPK, Kuningan, Jakarta.

 

Dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis 20 November 2014, Romi dan istri didakwa menyuap Akil Mochtar saat menjabat ketua MK sebesar Rp 14,145 miliar dan USD 316,700 melalui Muhtar Ependy. Pemberian itu dimaksudkan untuk memengaruhi putusan perkara keberatan pilkada yang diajukan pasangan Romi.

Jaksa KPK Ely Kusumastuti menuturkan, dalam hasil perhitungan Pilkada, pasangan Sarimuda-Nelly Rasdania memperoleh suara 316.923 lebih tinggi dari Romi Herton-Harno Joyo yang mengantongi 316.915 suara. Pasangan Romi lantas mengajukan keberatan ke MK. Perkara ini ditangani panel hakim konstitusi yakni Akil Mochtar, Maria Farida Indrati dan Anwar Usman ini.

"Agar permohonan keberatan hasil Pilkada Kota Palembang di MK dikabulkan, terdakwa Romi Herton meminta tolong kepada Muhtar Ependy, selanjutnya Muhtar Ependy menyampaikan permintaan Romi Herton kepada Akil Mochtar," papar jaksa.

Gayung bersambut. Akil menyetujuinya dan meminta Muhtar Ependy menyampaikan agar Romi Herton menyiapkan uang. Permintaan itu disepakati. Romi melalui Masyito pun menyerahkan uang kepada Akil melalui Muchtar Ependy.

Dalam sidang putusan, Ketua MK Akil Mochtar menetapkan perolehan suara Kota Palembang dengan kemenangan Romi Herton-Harno Joyo dengan perolehan suara 316.919 suara. Sedangkan perolehan suara pasangan nomor urut 3 yakni Sarimuda-Nelly Rasdania menjadi 316.896 suara.

"Setelah putusan dibacakan, Romi Herton dan Masyito menyerahkan uang lagi kepada Akil melalui Muhtar Ependy yang diserahkan secara bertahap," ujar jaksa.

 

Majelies Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta, akhirnya menjatuhkan vonis enam tahun penjara terhadap Romi Herton. Sedangkan istrinya, divonis empat tahun bui.

"Majelis hakim mengadili, menjatuhkan pidana kepada Romi Herton dengan pidana penjara enam tahun dan Masyitoh empat tahun penjara dan denda masing-masing Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan," ujar Hakim Ketua M Mukhlis saat menggelar sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin 9 Maret 2015.

Keduanya dinyatakan terbukti menyuap mantan Ketua MK Akil Mochtar senilai 11,3 miliar dan US$ 316 ribu melalui perantaranya, Muhtar Ependy. Pasangan itu dianggap berhasil terpengaruh Muhtar Ependy yang menawarkan jasa mengurus sengketa pilkada di MK.

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menuntut Romi dengan hukuman sembilan tahun penjara dan Masyitoh selama enam tahun penjara.

Atas putusan itu, Romi mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun bukan keringanan yang didapat, Romi dan istri justru diperberat hukumannya.

"Masing-masing dijatuhi pidana 7 tahun untuk Romi Herton dan 5 tahun untuk Masyito," ujar humas PT DKI Jakarta Muhammad Hatta, Jumat 19 Juni 2015.

Selain itu, kedua terdakwa itu juga diharuskan membayar denda masing-masing sebesar Rp 200 juta subsider dua bulan kurungan. Pengadilan Tinggi juga mencabut hak politik keduanya, hukuman ini menjadi tambahan dari vonis tingkat pertama.

"Hukuman ini lebih berat setahun daripada tingkat pertama. Pada tingkat pertama juga tidak ada hukuman tambahan pencabutan hak dipilih dan memilih," kata Hatta.

Usai inkrach, Romi dan istri dieksekusi ke lapas Sukamiskin Bandung, Jumat 10 Juli 2015. Keduanya hanya tersenyum dan tak memberikan komentar saat eksekusi berlangsung.

Selama dua tahun, Romi mendekam di Sukamiskin. Pengamanan yang kurang ketat, membuat Romi lebih leluasa plesiran ke luar lapas. Akhirnya, Romi pun dipindah ke Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

"Itu bagian dari sanksi karena melakukan pelanggaran keluar tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Susy Susilawati di Kota Bandung, Jumat (10/2/2017).

Alasan lain dipindahkannya mereka ke Lapas Gunung Sindur dikarenakan faktor keamanan yang dinilai lebih ketat. Setelah dipindah ke sana, mereka diharapkan tidak bisa lagi melakukan pelesiran.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Peringatan Sri Mulyani, Berapa Utang PLN?

Posted: 27 Sep 2017 09:12 PM PDT

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengkhawatirkan PT PLN (Persero) gagal bayar utangnya, sehingga berisiko menganggu keuangan negara. Atas hal tersebut, dia berpendapat program 35 ribu Mega Watt (MW) perlu dilakukan penyesuaian, dengan mempertimbangkan kemampuannya.

Lalu berapa utang PLN sehingga Sri Mulyani mengkhawatirkan utang PLN?

Direktur Utama PLN Sofyan Basyir mengatakan, saat ini utang PLN yang berasal dari berbagai sumber mencapai Rp 300 triliun. Namun, besaran utang yang dimiliki PLN masih dalam status aman, bahkan PLN memiliki dana pinjaman siaga yang sewaktu-waktu bisa diambil sebesar Rp 30 triliun.

"Utang Rp 300 triliun, selama ini tidak ada kreditur yang mempermasalahkan," kata Sofyan, di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Sofyan mengungkapkan, PLN masih mendapat kepercayaan berutang karena aset yang dimiliki perusahaan cukup besar, yaitu Rp 1.300 triliun dan ekuitasnya Rp 900 triliun.

"Sebenarnya tidak ada sesuatu yang perlu di khawatirkan, kami punya platfom Rp 30 sekian triliun, buat pinjam setiap saat bisa bayar. Kami subsidi tagihan tertunda punya Rp 12 triliun, orang kaya PLN itu," ujar dia.

‎Sementara itu, Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto melanjutkan, selama tiga tahun terakhir, PLN menambah utang sebanyak Rp 58 triliun. Akan tetapi, PLN juga telah membayar utang masa lalu yang jatuh tempo, dalam periode sama sebesar Rp 71 triliun.

"Selama tiga tahun terakhir ini tambahan utang kita Rp 58 triliun, tapi investasi yang sudah kami bayar itu Rp 71 triliun,‎" kata dia.

Sarwono mengungkapkan, PLN telah memproyeksi pembayaran utang dan bunganya sampai 30 tahun ke depan, agar pembayarannya tepat waktu. Untuk utang jatuh tempo‎ yang telah dibayar pada tahun ini, PLN telah membayar Rp 10 triliun.

"Semua sudah kami bayar. Kami bayar hampir Rp 10 triliun yang global bond, working capital, enggak ada masalah," kata dia.

‎Sarwono menilai, peringatan Sri Mulyani merupakan hal yang wajar, agar PLN selalu berhati-hati dalam berutang dan membayar sesuai dengan jadwal.

"Kalau menurut saya itu (surat kemenkeu) mengingatkan saja. Kami anggap itu normal saja seperti halnya 'hati-hati ya kamu jalan'. Begitu saja. Wajar kan berarti?" tutur Sarwono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menteri Keuangan Sri Mulyani melayangkan surat ke Menteri ‎Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Surat tersebut berisi kekhawatiran tentang kegagalan PT PLN (Persero) ‎membayar utang yang berisiko pada keuangan negara.

Seperti yang dikutip dari surat Menteri Keuangan bernomor‎ S-781/MK.08/2017, soal Perkembangan Risiko Keuangan Negara atas Penugasan Infrastruktur Ketenagalistrikan, Rabu 27 September 2017, Sri Mulyani menyampaikan lima poin penting yang harus diperhatikan Menteri Rini dan Menteri Jonan.

Pertama mengenai kinerja PLN ditinjau dari sisi keuangan terus mengalami penurunan, seiring dengan semakin besarnya kewajiban korporasi untuk memenuhi pembayaran pokok dan bunga pinjaman yang‎ tidak didukung dengan pertumbuhan kas bersih operasi.

Hal ini menyebabkan, dalam tiga tahun terakhir, Kementerian Keuangan harus mengajukan permintaan walver pada lender PLN, sebagai dampak terlanggarnya kewajiban pemenuhan covenant PLN dalam perjanjian pinjaman, untuk menghindari cross default atas pinjaman PLN yang mendapatkan jaminan pemerintah.

Kedua, terbatasnya internal fund PLN untuk melakukan investasi, dalam melaksanakan penugasan pemerintah berdampak pada ketergantungan PLN dari pinjaman, baik melalui pinjaman kredit investasi perbankan, penerbitan obligasi, maupun pinjaman dari lembaga keuangan Internasional.

Ketiga, berdasarkan profil jatuh tempo pinjaman PLN, kewajiban pembayaran pokok dan bunga pinjaman PLN diproyeksikan akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

Sementara itu, pertumbuhan penjualan listrik tidak sesuai dengan target, adanya kewajiban pemerintah untuk meniadakan kenaikan tarif tenaga listrik (TTL) dapat berpotensi meningkatkan risiko gagal bayar PLN.

Keempat, Sri Mulyani mengungkapkan, dengan mempertimbangkan bahwa sumber penerimaan utama PLN berasal dari TTL yang dibayarkan oleh pelangan dan subsidi listrik dari pemerintah, kebijakan peniadaan kenaikan TTL perlu didukung dengan adanya regulasi yang mendorong penurunan harga biaya produksi listrik.

"Selain itu, kami mengharapkan saudara dapat mendorong PLN untk melakukan efisiensi biaya operasi, terutama energi primer guna mengantisipasi peningkatan risiko gagal bayar di tahun-tahun mendatang," lanjut Sri Mulyani dalam poin keempat surat tersebut.

Kelima, terkait dengan penugasan program 35 GW, Sri Mulyani berpendapat perlu dilakukan penyesuaian terkait target investasi PLN dengan mempertimbangkan ketidakmampuan PLN dalam memenuhi pendanaan investasi cashflow operasi, tingginya outlook debt maturity profile, serta kebijakan pemerintah terkait tarif, subsidi listrik, dan Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Hal ini diperlukan untuk menjaga sustainabilitas fiskal APBN dan kondisi keuangan PLN yang merupakan sumber risiko fiskal pemerintah," tutup Sri Mulyani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Negara Larang Wisatawan Motret, Tertanam 40 Tahun di Tubuh

Posted: 27 Sep 2017 09:10 PM PDT

Liburan tanpa [memotret](memotret "") atau foto-foto  tentunya akan terasa hampa bagi sebagian orang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, yang mana memamerkan foto-foto liburan di media sosial menjadi semacam kewajiban.

Namun, wisatawan tidak bisa sembarangan memotret di beberapa tempat liburan. Ada tempat-tempat tertentu yang mengharuskan setiap pengunjung membayar sejumlah uang agar bisa mengambil foto. Bahkan di beberapa negara, wisatawan dilarang memotret objek-objek tertentu yang dianggap sakral. Ada juga larangan memotret properti pribadi dan wanita sebelum meminta izin.

Artikel tentang sejumlah negara yang melarang wisatawan memotret sembarang menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Sementara itu, artikel seputar adanya benda yang tertanam dalam tubuh pria di Inggris selama 40 tahun menempati urutan kedua paling populer. Diikuti artikel yang membahas eksperimen-eksperimen gila dan mengerikan yang pernah dilakukan manusia.

Berikut top 3 Citizen6:

1. 8 Negara di Dunia yang Larang Wisatawan Memotret

Ketika berlibur ke negara lain, kamu pasti akan mengabadikannya lewat foto. Liburanmu yang menyenangkan dan berkesan dapat berubah jika kamu tidak tahu peraturan memotret yang ada di negara tersebut. Sebagai seorang wisatawan, kamu bisa bermasalah dengan hukuman di sana. Di bawah ini ada delapan negara yang menerapkan peraturan dalam memotret di tempat mereka.

Selengkapnya..

2. Dikira Kanker, Ternyata Benda Ini Tertanam Selama 40 Tahun

Seorang pria di Inggris tak menyangka bahwa sebuah mainan kerucut lalu lintas akan ada di dalam paru-parunya selama 40 tahun. Awalnya, pria itu dirujuk ke klinik pernapasan di Preston, Inggris, karena mengeluhkan batuk berlendir kuning dan merasa tidak enak badan selama lebih dari satu tahun. Kemudian, dokter memindai paru-paru pria tersebut.

Selengkapnya..

3. 5 Eksperimen Paling Gila dan Mengerikan yang Dilakukan Manusia

Hingga 2017, sudah banyak penemuan penting yang diciptakan para ilmuwan. Semua penemuan itu diciptakan untuk membantu dan mempermudah hidup manusia. Untuk bisa menyelesaikan ciptaannya, para ilmuwan tentu melakukan aktivitas yang namanya eksperimen. Tanpa eksperimen, benda-benda canggih yang kita gunakan mustahil terwujud.

Bicara soal eksperimen, ternyata enggak semua eksperimen seindah dan semulus yang kamu bayangkan lho. Nyatanya, ada juga eksperimen yang terbilang mengerikan. Berikut lima eksperimen paling mengerikan yang pernah dilakukan manusia.

Selengkapnya..

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Bareng Pacar, Nikita Willy Malah Merasa Kesepian?

Posted: 27 Sep 2017 09:10 PM PDT

Nikita Willy kini tengah menghabiskan waktu bersama sang kekasih, Indra Djokosoetono, di Capri, Italia. Instagram Story keduanya pun dipenuhi dengan momen seru yang mereka lewati di sana.

Namun, foto yang baru diunggah Nikita Willy, Kamis (28/9/2017) seakan tidak menggambarkan sesuatu yang menyenangkan. Pesinetron itu mengunggah foto bertema hitam putih dan menuliskan curahan hatinya dengan singkat.

 Nikita Willy dan Indra Priawan [foto: instagram.com/nikitawillyofficial94]

 

"That moment when you wake up and its 4am. 4AM knows all my secrets (momen di mana kau bangun dan ini jam 4 pagi. Jam 4 pagi tahu semua rahasiaku)," tulis Nikita Willy, lengkap dengan emoticon wajah datar.

Tak sampai di situ, Nikita Willy menambahkan sebuah pernyataan dengan beribu makna. "and if you're awake at 4AM, you are either in love or lonely (dan jika kau bangun pada jam 4 pagi, kau sedang jatuh cinta atau kesepian)," ungkap Nikita Willy.

Nikita Willy memang tak menyatakan dengan gamblang apa yang ia rasakan saat itu. Namun sebelumnya, perempuan berumur 23 tahun itu sempat mengunggah beberapa momen bersama sang kekasih, mulai dari menonton aksi musikus jalanan, hingga makan malam lezat.

 Nikita Willy mengungkap curahan hati singkat. [foto: instagram/nikitawillyofficial94]

Ini bukan kali pertama Nikita Willy dan Indra Djokosoetono menghabiskan waktu liburan bareng. Melalui laman Instagram pribadi masing-masing, keduanya telah mengunggah momen bersama di berbagai tempat terkenal di dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Majalah Playboy Hugh Hefner Meninggal Dunia

Posted: 27 Sep 2017 09:08 PM PDT

Hugh Hefner, pendiri majalah dewasa internasional Playboy, meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhir pada usia 91 tahun.

Seperti dikutip dari BBC, Kamis (28/9/2017), Playboy Enterprises Inc mengatakan bahwa Hugh Hefner meninggal dengan damai di rumah akibat sebab alamiah.

Cooper Hefner, putranya, mengatakan bahwa ayahnya akan "sangat dirindukan banyak orang".

Cooper memberikan penghormatan terakhir atas kehidupan sang ayah yang dinilainya luar biasa dan berdampak sebagai pelopor media dan budaya. Ia menyebut Hefner senior sebagai sosok advokat untuk kebebasan berbicara, hak-hak sipil, juga kebebasan seksual.

Hugh Hefner mulai menerbitkan Playboy di dapur rumahnya pada 1953. Majalah ini menjadi majalah pria terlaris di dunia, yang pada puncaknya terjual hingga tujuh juta kopi per bulan.

Hefner kemudian menelurkan sebuah kerajaan bisnis yang juga mencakup kasino dan klub malam. Ia menjadi terkenal dengan gaya hidup hedonistik dan sering tampil dengan piyama sutera.

Sang mogul berkencan dan menikahi para model majalah Playboy. Tahun-tahun berikutnya ia mengadakan banyak pesta "liar" di rumah mewahnya.

Ia mengaku telah tidur dengan lebih dari 1.000 wanita.

Dua tahun lalu, majalah Playboy mengumumkan bahwa mereka tak akan menampilkan foto telanjang lagi, bahkan hendak memajang model berhijab. Kendati demikian, awal tahun 2017 majalah dewasa itu memutuskan kembali membawa "filosofi" awalnya, yaitu tampilan model bugil.

Terbitan itu mengubah keputusan yang dibuat tahun lalu.

Langkah itu diumumkan oleh chief editor baru Playboy, Cooper Hefner. Ia mengatakan, keputusan untuk menghapus kebugilan "merupakan kesalahan total."

"Hari ini, kami mengambil identitas kami kembali dan mengklaim siapa kami sesungguhnya," kicau Cooper Hefner dalam Twitter seperti dikutip dari BBC pada 14 Februari 2017.

Majalah dewasa asal AS itu juga mempromosikan edisi Maret-April dengan model 'playmate of the month' dengan tagar #NakedIsNormal.

Beberapa netizen menyambut baik keputusan Playboy untuk "kembali normal". Mengatakan langkah mereka adalah baik. Sementara lainnya berkomentar, keputusan diambil karena, "penjualan majalah itu turun dan sayangnya sekarang gambar porno mudah diakses di internet."

Pada Senin 13 Februari, Cooper Hefner menulis, "Saya orang pertama yang mengakui bahwa ketelanjangan adalah hal biasa."

"Ketelanjangan tak pernah jadi masalah karena telanjang bukan masalah," ujar pemuda 25 tahun itu.

Samir Husni, seorang profesor jurnalisme di University of Mississippi, mengatakan tertutupnya majalah Playboy pada ketelanjangan mungkin telah mengasingkan lebih banyak pembaca alih-alih mencoba tampil menarik.

"Playboy dan gagasan nonketelanjangan adalah semacam oksimoron," katanya.

"Majalah ini masih harus menemukan cara untuk menarik khalayak yang lebih muda di era digital di mana ketelanjangan telah menjadi biasa," ujar Husni lagi.

Dalam edisi berikutnya, majalah itu juga akan menghidupkan kembali beberapa waralaba lama, termasuk The Playboy Philosophy dan Party Jokes.

Terbitan itu juga akan memuat esai oleh aktris Scarlett Byrne tentang kampanye Free the Nipple, sebuah gerakan yang dimulai di Amerika Serikat untuk mengubah undang-undang menyusui di publik dan perempuan bertelanjang dada.

Kampanye Byrne mengatakan "tentang pentingnya memiliki seksualitas perempuan dan standar ganda yang masih ada antara perempuan dan laki-laki," tulis Playboy edisi terbaru nanti.

Namun, Playboy akan menghilangkan subtitle Entertainment for Men di sampul mereka.

"Playboy akan selalu menjadi merek gaya hidup yang berfokus pada kepentingan laki-laki, tetapi sebagai peran gender terus berkembang dalam masyarakat," kata Hefner.

Playboy, yang didirikan pada 1953, berhenti mencetak foto bugil Maret 2016.

Mereka mengatakan pada waktu itu internet telah membuat ketelanjangan usang dan majalah porno tidak lagi begitu komersial.

Sirkulasi Playboy telah menurun dari puncaknya yaitu 5,6 juta pada tahun 1970 menjadi di bawah 700.000 tahun lalu.

Namun, logo majalah menunjukkan kepala kelinci mengenakan dasi kupu-kupu adalah salah satu yang paling dikenal di dunia.

Perusahaan majalah Playboy mendapatkan sebagian besar uang dari lisensi logo itu di seluruh dunia untuk menjual produk, termasuk perlengkapan mandi, minuman, dan perhiasan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Apa yang Sebenarnya Ada di Wajah Setya Novanto?

Posted: 27 Sep 2017 09:06 PM PDT

Viral beredar foto Ketua DPR RI Setya Novanto sedang terbaring di ranjang rumah sakit. Pria ini namanya sedang heboh dikait-kaitkan dengan kasus e-KTP.

Beredarnya foto Setya Novanto ini mendapatkan berbagai reaksi dari masyarakat. Dari sekian banyak pembahasan, salah satu yang diangkat adalah alat yang ada di wajah Ketua Umum Partai Golkar itu.

Menurut dr. Andreas Prasadja, RPSGT, melalui akun Facebook pribadinya, alat tersebut adalah Continuous Positive Airway Pressure (CPAP), suatu bentuk terapi yang diberikan untuk pasien sleep apneaSleep apnea adalah, ketika napas terdisrupsi (sempat berhenti) saat pasien sedang tidur. 

Pria, orang dengan kelebihan berat badan, berusia di atas usia 40 tahun adalah mereka yang rentan mengalami sleep apnea. Jika tidak ditangani, sleep apnea bisa mengakibatkan hipertensi, stroke, dan gagal jantung.

Mengutip WebMD, Kamis (28/9/2017), CPAP menggunakan mesin untuk membantu seseorang dengan sleep apnea yang osbtruktif (mengganggu). Mesin ini akan membuat pasien bisa bernapas dengan lebih mudah.

Mesin CPAP akan meningkatkan tekanan udara di tenggorokan, sehingga jalur udara tidak tertutup ketika pasien sleep apnea menarik napas. Dengan menggunakan CPAP, pasangan dari pasien dengan sleep apnea juga bisa tidur lebih nyenyak.

Pasien dengan sleep apnea obstruktif disarankan untuk menggunakan mesin CPAP setiap malam saat tidur.

Mesin CPAP memiliki salah satu dari:

- Masker yang akan menutupi mulut dan hidung

- Masker yang hanya menutupi hidung, biasa disebut nasal continuous positive airway pressure (NCPAP). Tipe masker ini adalah yang paling umum digunakan.

- Tabung yang akan dimasukkan ke dalam hidung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Video Uji Coba RPK-16, Senapan Baru Pasukan Khusus Rusia

Posted: 27 Sep 2017 09:06 PM PDT

Pasukan khusus Rusia tengah menguji senapan mesin ringan terbaru, RPK-16. Senjata tersebut adalah senapan mesin ringan yang telah dimodernisasi dari RPK-74 buatan Soviet.

Senjata yang ringkas tersebut menggunakan amunisi yang sama seperti senapan serbu. Namun pada RPK-16, terdapat magazen berisi 96 peluru.

Selain itu, senjata ini memiliki Rel Picatinny yang terintegrasi. Jadi, pasukan khusus bisa memasang berbagai macam alat bidik optik di atasnya, serta berbagai aksesoris taktis di bagian bawahnya.

Namun fitur paling penting dari RPK-16 adalah, kini pasukan khusus bisa mengganti larasnya secara manual tanpa instrumen tambahan.

Jika pasukan khusus harus beroperasi di area perkotaan yang padat, mereka menggunakan laras pendek untuk mendapatkan daya tembak dan mobilitas yang maksimal.

Sebaliknya, jika mereka harus beroperasi di ruang terbuka dan memiliki lintasan peluru maksimum, mereka bisa menggunakan yang lebih panjang.

Meski memiliki sejumlah kekurangan, Penasihat Direktur Umum Kalashnikov, Andrey Kirisenko, mengatakan bahwa senapan yang muncul sekitar 40 tahun lalu itu sebenarnya merupakan senjata yang efektif.

"Model terdahulunya berukuran sangat besar, dan cukup mengganggu pada saat pasukan melakukan pendaratan dari kendaraan tempur infanteri (BMP)," ujar Kirisenko seperti dikutip dari RBTH Indonesia, Kamis (28/9/2017). 

"Namun, senapan tersebut terbukti dapat diandalkan dalam melakukan serangan di berbagai kondisi cuaca serta iklim. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tidak menciptakan model baru, tetapi justru menyempurnakan model tersebut dengan menyesuaikan kondisi saat ini," imbuh dia.

Selain itu, dalam kondisi siap pakai berikut dengan peralatannya, bobot RPK-16 hanya seberat 4,5 kilogram.

"RPK-16 adalah suatu pengembangan inovatif. Kami akan memberikan senapan ini pada pasukan militer, dan kami berharap akan mendapatkan umpan balik sehingga kami bisa memperbaiki kekurangannya dengan mempertimbangkan nuansa yang dihadirkan. Pemimpin Pusat Pasukan Khusus FSB dan Garda Nasional juga menunjukkan minatnya pada senjata jenis ini," kata Kirisenko.

 

Berikut video uji tembak Senapan RPK-16:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awas Gunung Agung, Bagaimana Nasib Benda Sakral Pura Besakih?

Posted: 27 Sep 2017 09:02 PM PDT

Pura Besakih, tempat suci umat Hindu, berlokasi di lereng Gunung Agung (3.143 mdpl) di Karangasem, Bali. Sementara, saat ini Gunung Agung berstatus Awas (Level IV) dan berpotensi terjadi letusan dengan estimasi ketinggian 5 hingga 10 kilometer.

Tempat suci itu konon fondasinya dibangun Rsi Markandeya dari India pada zaman pemerintahan Raja Sri Udayana Warmadewa (1007 Masehi). Pra Besakih terdiri atas 16 pura menjadi satu-kesatuan tak terpisah dan masing-masing memiliki benda saktral atau Pratime.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral sejak Jumat (22/9/2017) telah meningkatkan status Gunung Agung dari Siaga (Level III) menjadi Awas (Level IV).

Dengan demikian, wilayah steril yang semula radius 6 kilometer dari puncak gunung itu diperluas menjadi 9 kilometer, serta ditambah perluasan wilayah sektoral yang semula 7,5 kilometer menjadi 12 kilometer ke arah utara, timur laut, tenggara, dan selatan-barat daya sehingga kawasan suci itu masuk dalam radius berbahaya. Kawasan suci Pura Besakih masuk dalam radius wilayah berbahaya yang harus dikosongkan.

Seperti dilansir Antara, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan di tiga pura kawasan suci Besakih, yakni Pura Bangun Sakti, Basukian, dan Pura Pangubengan telah dilaksanakan ritual "Pengelempana" atau penduh jagat pada hari Rabu (20/9/2017).

Berdasarkan hasil rapat dengan para pangemong (penanggung jawab wilayah) dan pemangku (pemuka agama) Pura Besakih benda-benda sakral yang disucikan pada 16 kompleks itu tidak akan dipindahkan meskipun status Gunung Agung sudah pada Level Awas. Dalam rapat yang membahas upaya penyelamatan "pratima" menurut Sudiana yang juga Guru Besar Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, tak ada pemindahan benda-benda saktral di puluhan pura yang berada di lereng kaki Gunung Agung.

Hal itu menurut para pangemong dan pemangku sesuai dengan sejarah Gunung Agung empat kali pernah meletus, yakni pada tahun 1808, 1821, 1843, dan 1963. Saat itu benda-benda yang disakralkan di Pura Besakih itu bergeser ke mana-nama dan selama ini terbukti aman. Mereka pun meyakini kali ini. Jika terjadi erupsi Gunung Agung, juga tidak akan menyentuh pratima-pratima di kawasan Pura Besakih, kata Prof. Sudiana.

Untuk menghindari benda sakral dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, juga telah dilakukan koordinasi dengan aparat keamanan dalam bentuk keamanan terpadu. Namun, "pratima" maupun lontar-lontar dari sejumlah pura dadia (pura keluarga) dan pura kahyangan tiga (pura di lingkungan desa adat) Besakih sudah dikumpulkan dan disimpan di tempat yang aman.

Hal itu dilakukan karena sebagian besar masyarakat di lereng Gunung Agung telah mengungsi sebanyak 96.086 orang tersebar ke 430 titik di delapan kabupaten dan satu kota di Bali.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika meminta semua pihak memikirkan dan mengkaji untuk penyelamatan "pratima" atau benda sakral di kawasan Pura Besakih.Aset-aset pura besakih itu harus dapat diamankan dan diselamatkan karena semua itu adalah perjalanan sejarah umat Hindu. Oleh sebab itu, semua pihak juga memikirkan dampak terburuk dari erupsi Gunung Agung.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Penanggulangan Bencana Adaerah (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa pihaknya memasang lima unit sirene peringatan dini jika Gunung Agung itu meletus.

Lokasi pemasangan sirene tersebut, antara lain, di Polsek Kubu, Pos Polisi Tianyar, Polsek Selat, dan Polsek Rendang di Kabupaten Karangasem. Sirene "Mobile iCast Rapid Deployment Public Notification System" itu dipasang sebagai sarana peringatan kepada masyarakat agar segera mengungsi atau menghindar dari bahaya letusan Gunung Agung.

Suara sirene itu mampu menjangkau masyarakat dengan kekuatan bunyi mencapai 2 kilometer. Sirene dibunyikan secara manual oleh petugas jaga yang terhubung Pos Komando Utama di Karangasem.

Selain itu, juga telah dipasang rambu-rambu evakuasi yang menginformasikan posisi di lapangan dari radius berbahaya. Peta radius berbahaya letusan Gunung Agung ditetapkan di peta dengan rambu bertuliskan "Anda saat ini berada di radius 9 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung".

Turis ke Lombok Anjlok

Meski lokasi Gunung Agung berada di Bali, pengaruh aktivitasnya sampai ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sejak ditetapkan status Awas pada Jumat, 22 September 2017 lalu, tingkat kunjungan wisatawan ke Lombok menurun.

Ketua Gili Hotel Association, Vicky Hanoi menyebutkan kunjungan wisatawan ke Pulau Lombok, khususnya ke tiga Gili, menurun sejak lima hari yang lalu. Hal itu diduga disebabkan para turis mengkhawatirkan dampak erupsi Gunung Agung.

"Para turis sudah dapat info dari sosial media. Jadi, mereka khawatir akan resiko yang akan terjadi jika berkunjung ke Lombok," ujar Vicky dihubungi dari Mataram, Rabu, 27 September 2017.

Dia menjelaskan, penurunan angka kunjungan itu diketahui dari jumlah wisatawan yang membatalkan keberangkatan dari Bali ke Gili Trawangan menggunakan kapal cepat. Begitu pula dengan tingkat hunian hotel.

Para wisatawan ini terkesan takut ke Gili dikarenakan lokasi ketiga pulau itu berdekatan dengan Gunung Agung. Selain itu, keluarnya travel advice dari 10 negara agar warganya berhati-hati datang ke Bali juga turut mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Lombok.

Kendati demikian, dia belum bisa memperkirakan presentase penurunan angka kunjungan wisatawan sejak status Gunung Agung di level Awas. Namun, dia menegaskan kembali bahwa kunjungan wisatawan tidak meningkat, tetapi justru menurun.

"Beberapa yang saya tanya ke teman hotel, mereka mengaku berdampak tapi beda-beda persentasenya karena ada juga tamu yang datang direct langsung ke Lombok tanpa melalui Bali," kata Vicky.

Sementara itu, pembina Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) NTB, I Gusti Lanang Patra mengatakan bahwa Pulau Lombok pasti akan terkena imbas negatif akibat potensi erupsi Gunung Agung.

Sebab, kata dia, separuh dari total jumlah wisatawan yang datang ke Lombok, berasal dari Bali. Karena itu, dia khawatir erupsi Gunung Agung akan mempengaruhi target kunjungan 3,5 juta wisatawan pada 2017 ini.

"Hampir 50 persen wisatawan yang datang ke Lombok itu berasal dari Bali. Jadi, kalau Bali menurun otomatis Lombok juga menurun. Dan sulit mencapai target 3,5 juta wisatawan itu. Kita berdoa saja lah semoga tidak terjadi apa-apa," kata Lanang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Bos Canon Asia Pasifik Kembangkan Bisnis Mikrosatelit

Posted: 27 Sep 2017 09:00 PM PDT

Canon selama ini dikenal sebagai produsen printer dan kamera. Namun, siapa sangka perusahaan Jepang ini memiliki lini bisnis lain. Salah satunya adalah pengembangan teknologi satelit di masa depan, yakni mikrosatelit.

Hal ini diungkap oleh President sekaligus CEO Canon Singapura, Noriko Gunji yang juga bertanggung jawab atas bisnis Canon di region Asia Pasifik, termasuk Indonesia di sela kunjungannya ke peluncuran Canon EOS 6D Mark II di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (27/9/2017).

"Ada beberapa hal yang menjadi fokus Canon saat ini, yakni healthcare, commercial printing, network camera, dan industrial equipment. Tapi tidak hanya itu, Canon melalui 367 anak perusahaannya juga berupaya mengembangkan future technology," kata Gunji.

Salah satu yang disebutkan Gunji adalah bisnis mikrosatelit, yang dikembangkan salah satu anak perusahaan Canon, Canon Electronics. Canon Electronics adalah anak usaha Canon di bidang pembuatan partisi kamera digital dan produk elektronik lainnya

"Salah satu anak usaha, Canon Electronics berupaya mengembangkan mikrosatelit yang terjangkau dan lebih compact. Tiga bulan lalu sudah melakukan pengujian peluncuran dan sukses. Tetapi saat ini masih terus dikembangkan," tutur Gunji.

Dia mengatakan, microsatellite yang dikembangkan Canon Electronics memang bukan untuk tujuan spesifik seperti telekomunikasi atau yang lainnya. Namun, Canon menganggap mengembangkan mikrosatelit merupakan hal yang penting.

"Sangat banyak permintaan satelit, tapi tidak banyak yang memproduksi karena bisnis satelit ini kebanyakan ditangani pemerintah atau perusahaan negara. Padahal sebenarnya ada banyak permintaan dan mereka tidak mampu membayar ke pemerintah (karena satelit adalah bisnis yang mahal)," ucap Gunji.

Untuk itulah Canon menilai penting mengembangkan mikrosatelit yang jauh lebih terjangkau dan ukurannya lebih compact dibandingkan satelit umumnya. Gunji juga mengatakan, alih-alih bersaing dengan lembaga antariksa pemerintah Jepang, The Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Canon Electronics berkolaborasi dengan mereka.

"Mereka bukan kompetitor dan kami juga tidak supply mikrosatelit ke JAXA, tapi kami memiliki kolaborasi untuk menyediakan teknologi roket yang lebih kecil untuk JAXA, dan ini hanya di Jepang," ucapnya.

Sebelumnya, pada 23 Juni 2017, Canon Electronics telah menguji coba peluncuran mikrosatelit dari stasiun peluncuran roket Satish Dhawan Space Center di Sriharikota, selatan India. Salah satu dari sekian mikrosatelit yang diluncurkan bernama CE-SAT-I. Perusahaan waktu itu ambisius bisa meluncurkan 100 unit mikrosatelit per tahun.

Sebagai gambaran, mikrosatelit produksi Canon Electronics berbentuk kotak dengan ukuran 50x50x85cm. Berat mikrosatelit tersebut juga hanya 65kg. Sementara sensor kameranya menggunakan sensor milik kamera Canon EOS 5D Mark II. Dengan kamera tersebut, mikrosatelit ini diklaim bisa mengenali objek berukuran kecil di sebuah permukaan.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Pengungsi Bali, Tamara Bleszynski Didukung Mike Lewis

Posted: 27 Sep 2017 09:00 PM PDT

Tamara Bleszynski saat ini sedang berada di Bali untuk membantu para pengungsi Gunung Agung yang sudah memasuki level "Awas". Beberapa unggahan fotonya di Instagram @tamarableszynskiofficial memperlihatkan Tamara sedang berada di Kabupaten Karangasem untuk mengunjungi para pengungsi.

Melihat kegigihan Tamara Bleszynski, mantan suaminya, Mike Lewis, terlihat memberikan dukungannya secara penuh. Mike pun memasang foto dirinya bertiga dengan Tamara dan putranya, Kenzou Leon Blezynski Lewis, melalui Instagram @mike_lewis.

Mike Lewis memasang foto dirinya bertiga dengan Tamara Bleszynski dan putranya, Kenzou. (Instagram - @mike_lewis)

"Good luck Tamara untuk membawa bantuan kepada para pengungsi Gunung Agung yang membutuhkan. Indahnya berbagi. Be safe. Stay safe. #modernfamily #indonesia #keluarga #bali #mtAgung #zozo #mama," tulisnya, Kamis (28/9/2017).

Dukungan Mike Lewis kepada Tamara Bleszynski itu, membuat sebagian besar warganet mencurahkan harapannya agar mereka bisa kembali rujuk. Sebagian besar juga memuji Tamara yang dianggap berjiwa sosial dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

 

 

Belum lama ini Mike Lewis liburan di Bali bersama mantan istri, Tamara Bleszynski dan buah hatinya, Kenzo. Bahkan, liburan ini menurut Mike lebih spesial lantaran ada Kenzo dan Teuku Rasya (anak Tamara dengan Rafly). (Instagram/tamarableszynskiofficial)

"Rujuk lagi dong ....lovely couple," tulis @ray.tanjung. "Semoga bisa rujuk demi anak.amin....," ujar @vivo_saputra. "Saya dukung kalian rujuk lagi. Kalian pasangan yg sejati dan harmonis," kata @borisduha.

"Mba @tamarableszynskiofficial sering terlibat acara sosial y.. aku ingat saag mba tamara bantu alm.seorang anak yg mngalami sakit perut membesar.. Salut dgn kepedulianny...," tulis @dian_adisty memuji aksi Tamara di Bali.

Beberapa warganet juga memberikan pujian atas hubungan Mike dan Tamara yang masih baik-baik saja meskipun sudah bercerai. "Aku salut dengan keluarga ini @mike_lewis dan @tamarableszynskiofficial selalu menebar contoh positif pasca "perceraian" ternyata masih bisa support satu sm lain," tutur pemilik akun @r.dhani_cahyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Mirip Kloset Duduk, Gedung di Tiongkok Ini Jadi Bahan Olok-Olok

Posted: 27 Sep 2017 09:00 PM PDT

Pandangan udara menunjukkan sebuah gedung universitas di Zhengzhou, Provinsi Henan, China, (21/9). Gedung tersebut ketika dilihat dari udara memeliki bentuk mirip dengan kloset duduk yang menjadi bahan candaan oleh warganet. (AFP Photo/Str/China Out)

Pandangan udara menunjukkan sebuah gedung universitas di Zhengzhou, Provinsi Henan, China, (21/9). Gedung tersebut ketika dilihat dari udara memeliki bentuk mirip dengan kloset duduk yang menjadi bahan candaan oleh warganet. (AFP Photo/Str/China Out)

Sebuah gedung universitas yang menyerupai kloset duduk di Zhengzhou, Provinsi Henan, China, (21/9). Gedung universitas ini menjadi bahan candaan dan olok-olokan oleh warganet. (AFP Photo/Str/China Out)

Sebuah gedung universitas yang menyerupai kloset duduk di Zhengzhou, Provinsi Henan, China, (21/9). Gedung universitas ini menjadi bahan candaan dan olok-olokan oleh warganet. (AFP Photo/Str/China Out)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kali Tertutup Busa, Warga Bekasi Resah

Posted: 27 Sep 2017 09:00 PM PDT

Sejak beberapa hari terakhir Kali di Bekasi tertutup busa. Selain meresahkan warga, busa tersebut menimbulkan bau tak sedap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 Pekan ke-26: Semakin Panas di Papan Atas

Posted: 27 Sep 2017 09:00 PM PDT

Persaingan merebut puncak klasemen Liga 1 masih panas hingga pekan ke-26. Bhayangkara FC memang masih memuncaki klasemen, namun tim asuhan Simon McMenemy jelas tak bisa berleha-leha.

Pasalnya, Bhayangkara FC hanya unggul satu poin dari Bali United yang menghuni posisi kedua. Bhayangkara mengemas 53 poin, sementara Bali United mengoleksi 52 poin.

Kedua tim tersebut pun berada dalam radar PSM Makassar yang berada di peringkat ketiga. PSM hanya tertinggal tiga dan empat poin dari Bali United dan Bhayangkara FC.

Di zona degradasi Liga 1, Persegres Gresik United masih menghuni dasar klasemen. Persegres baru mengemas 10 poin dari 26 pertandingan!

Dua tempat terbawah lainnya dihuni Perseru Serui dan Persiba Balikpapan. Masing-masing mereka menempati peringkat 16 dan 17.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Berikut klasemen sementara Liga 1 sampai pekan ke-26

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester United Bungkam Tuan Rumah CSKA Moscow

Posted: 27 Sep 2017 08:59 PM PDT

Manchester United naik ke puncak klasemen Grup A Liga Champions sehabis menang 4-1 di kandang CSKA Moscow, Rabu (27/9). Anthony Martial menjadi bintang pertandingan dengan berkontribusi terhadap semua empat gol Setan Merah. Hanya butuh empat menit Martial mengirim crossing sempurna buat Romelu Lukaku.

Henrikh Mkhitaryan kemudian mendapatkan hadiah penalti yang dikonversi jadi gol oleh Martial. Berezutsky gagal menyapu bola, dan Lukaku meneruskan crossing Martial jadi gol. Martial berpeluang mencetak gol keduanya, tapi tembakannya gagal, dan Mkhitaryan menghajar bola muntah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Outlet Lamborghini Ini Tak Tawarkan Supercar, Lalu Jual Apa?

Posted: 27 Sep 2017 08:56 PM PDT

Produsen supercar, Lamborghini, resmi membuka outlet baru di kawasan megah, Distrik Ginza, Tokyo, Jepang. Namun, outlet ini tidak digunakan untuk berjualan mobil oleh pabrikan asal Italia tersebut. Lalu, buat apa?

Melansir Carscoops, Kamis (28/9/2017), outlet ini memang bukan untuk menjual supercar, melainkan untuk melego merchandise dan barang-barang, serta aksesori resmi Lamborghini, yang bernama Collezione Automibili Lamborghini.

Sebenarnya, untuk menjual aksesori resmi, pabrikan berlambang banteng ngamuk ini selalu menjualnya di diler resmi. Namun, Lamborghini juga sering membuka outlet khusus dan salah satunya di pabrik di Sant'Agata Bolognese, di Taipei. Termasuk tentu saja di Dubai, serta beberapa lusin departemen di dalam toko besar di seluruh Asia.

Untuk strategi dagang ini, sebenarnya Lamborghini mengikuti musuh utamanya, Ferrari, yang mengoperasikan lebih dari 40 lokasi retail di seluruh dunia untuk menjual aksesori resmi, termasuk di Amerika Serikat, yaitu New York, Miami, dan Los Angeles.

Sedangkan pesaing lainnya, yaitu Porsche, sudah memiliki lebih dari 20 lokasi di Negeri Paman Sam saja. Bahkan, Bugatti juga memiliki strategi yang sama.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Sementara itu, Lamborghini memang tidak memiliki retail di Amerika Serikat. Namun, masalah tersebut sepertinya hanya tinggal menunggu waktu saja, karena pastinya Lamborghini bakal tertarik untuk merambah pasar Amerika Serikat.

Tidak heran memang, karena merek mobil kelas atas selalu memanfaatkan mereknya untuk bergerilya di industri fashion, karena hal tersebut sangat menguntungkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ridho Slank Pilih Fotografi Ketimbang Musik?

Posted: 27 Sep 2017 08:50 PM PDT

Beberapa tahun terakhir, Ridho Slank punya kegiatan baru. Di setiap waktu luangnya, gitaris 44 tahun itu menerima tawaran motret. Berawal dari keisengan, Ridho Slank tak menyangka hobi motretnya itu mulai menghasilkan uang.

"Awalnya tuh gara-gara enggak bisa berangkat ke Amerika, terus juga Slank lagi dicekal enggak bisa manggung 1-2 tahun. Dari situ gue iseng ke toko kamera, beli kamera dan mulai fotoin anak-anak gue," kata Ridho Slank di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017).

"Kemudian gue belajar apa sih diafragma dan speed. Akhirnya mendalami dan dapat kerjaan untuk foto pre-wedding, produk dan model untuk majalah. Alhamdulillah ada rezekinya," Ridho Slank menambahkan.

Hingga kini, tawaran motret pun terus mengalir deras kepada Ridho Slank. Salah satunya ketika ia menerima proyek foto buku Yuni Shara. Pemilik nama Mohammad Ridwan Hafiedz itu menyadari bahwa dunia fotografi sangat menjanjikan, meski harus memiliki modal yang cukup besar.

‎"Gue memang lihatnya investasi. Dulu beli alat (musik) ya gimana gue menghasilkan dari situ. Sekarang gue beli kamera, juga harus cari kerjaan dari situ (motret) juga," ujar Ridho Slank.

"Terakhir ini gue pake Canon 5D. Alatnya jelas iya (modal) tapi yang gue suka itu lebih mengasah taste kita aja agar jadi karya yang bisa dinikmati orang," lanjutnya.

Lantas, dengan tawaran motret yang cukup menjanjikan, apakah Ridho Slank akan berhenti bermusik? "Kalau ada yang mau (foto) ayo aja, kalau enggak ya enggak harus cari banget. Karena kegiatan gue di musik jauh lebih padat," jelas Ridho Slank. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jajaran Fintech yang Terdaftar di OJK

Posted: 27 Sep 2017 08:48 PM PDT

Perusahaan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) berkembang pesat termasuk di Indonesia. Kehadiran fintech tersebut diharapkan dapat menjangkau masyarakat yang belum dapat akses perbankan dan juga diharapkan membantu pembiayaan.

Dengan perkembangan fintech di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun mengatur fintech terutama soal layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi. Hal itu seperti diatur dalam Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Dalam Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 di pasal 1 disebutkan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Pasal 2 ayat 1 disebutkan kalau penyelenggara dinyatakan sebagai lembaga jasa keuangan lainnya. Kemudian ayat 2 disebutkan badan hukum penyelenggara berbentuk perseroan terbatas dan koperasi.

Di pasal 5 ayat 1 disebutkan, penyelenggara menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi dari pihak pemberi pinjaman kepada pihak penerima pinjaman yang sumber dananya berasal dari pihak pemberi pinjaman.

Pada ayat 2 disebutkan, penyelenggara dapat bekerjasama dengan penyelenggara layanan jasa keuangan berbasis teknologi informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Mengutip laman sikapiuangmu.ojk.go.id, disebutkan layanan fintech sudah diatur oleh OJK dlaam POJK Nomor 77/POJK.01/2016.

Namun masyarakat diimbau untuk memastikan kalau perusahaan Fintech yang dipilih sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Berikut nama perusahaan Fintech yang terdaftar antara lain, seperti ditulis Kamis (28/9/2017):

1. PT Pasar Dana Pinjaman

Surat Tanda Terdaftar: S-585/NB.111/2017

2. PT Lunaria Annua Teknologi

Surat Tanda Terdaftar: S-1862/NB.111/2017

3. PT Danakita Data Prima

Surat Tanda Terdaftar: S-1861/NB.111/2017

4. PT Amartha Mikro Fintek

Surat Tanda Terdaftar: S-2491/NB.111/17

5. PT Mitrausaha Indonesia Group

Surat Tanda Terdaftar: S-2493/NB.111/17

6. PT Investree Radhika Jaya

Surat Tanda Terdaftar: S-2492/NB.111/17

7. PT Pendanaan teknologi Nusa

Surat Tanda Terdaftar: S-2537/NB.111/17

8. PT SimpleFi Teknologi Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-2538/NB.111/17

9. PT Aman Cermat Cepat

Surat Tanda Terdaftar: S-2793/NB.111/17

10. PT Mediator Komunitas Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-2842/NB.111/17

11. PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-2983/NB.111/17

12. PT Digital Alpha Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-2970/NB.111/17

13. PT Indo FinTek

Surat Tanda Terdaftar: S-644/NB.11/17

14. PT Indonusa Bara Sejahtera

Surat Tanda Terdaftar: S-622/NB.11/17

15. PT Dynamic Credit Asia

Surat Tanda Terdaftar: S-3422/NB.111/17

16. PT Fintegra Homido Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-3460/NB.111/17

17. PT Sol Mitra Fintec

Surat Tanda Terdaftar: S-3739/NB.111/17

18. PT Creative Mobile Advennture

Surat Tanda Terdaftar: S-3972/NB.111/17

19. PT Digital Tunai Kita

Surat Tanda Terdaftar: S-3973/NB.111.17

20. PT Progo Puncak Group

Surat Tanda Terdaftar: S-4112/NB.111/2017

21. PT Relasi Perdana Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-4193/NB.111/2017

22. PT iGrow Resources Indonesia

Surat Tanda Terdaftar: S-4438/NB.111/2017

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan waktu enam bulan kepada perusahaan yang memberikan Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI) atau fintech peer to peer (P2P) lending untuk mendaftar. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 77/POJK.01/2016 tentang LPMUBTI.

Deputi Komisioner OJK Manajemen Strategis IA OJK Imansyah mengatakan, dalam regulasi tersebut fintech P2P lending mesti mendaftar ke OJK dengan jangka waktu enam bulan sejak POJK tersebut dirilis. "Kalau regulasi mengatur 6 bulan setelah regulasi keluar fintech P2P harus mendaftar OJK," kata dia di kantor OJK Lapangan Banteng Jakarta, Selasa 10 Januari 2017.

Dalam regulasi tersebut disebutkan perusahaan fintech tersebut mesti berbadan hukum, yakni perseroan terbatas dan koperasi. Lalu, penyelenggara berbentuk badan hukum perseroan terbatas memiliki modal disetor Rp 1 miliar. Sementara koperasi memiliki modal sendiri paling sedikit Rp 1 miliar saat mendaftar.

"Setelah itu salah satu persyaratan modalnya Rp 1 miliar. Setelah mendaftar ada proses seperti kaya dilihat diuji kapasitas pelakunya, IT, platform bagaimana. Setelah OK semua ada proses perizinan baru mulai maksimal 1 tahun jadi bisa lebih cepat," ucap dia.

Setelah itu perusahaan fintech tersebut wajib memiliki modal disetor atau modal sendiri paling sedikit Rp 2,5 miliar pada saat mengajukan perizinan.

Dengan mendapat izin, maka OJK bisa melakukan pengawasan pada perusahaan fintech P2P lending. Dia menuturkan, jika tidak terdaftar maka OJK tidak melakukan pengawasan pada perusahaan itu.

"Kalau sudah mendaftar, kasih izin menjadi domain OJK untuk mengawasi perusahaan rintisan bagaimana kinerjanya, makanya ada laporan dan seterusnya," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalapas Gunung Sindur: Romi Herton Punya Riwayat Jantung

Posted: 27 Sep 2017 08:46 PM PDT

Mantan Walikota Palembang, Romi Herton, terpidana kasus suap yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunungsindur, Bogor, meninggal dunia.

Ia mengembuskan napas terakhir di RS Hermina Tangerang, Banten, Kamis (28/9/2017) pukul 02.45 WIB. Romi wafat karena serangan jantung.

Kepala Lapas Kelas III Gunungsindur Mujiarto mengatakan Romi memang pernah dirawat seminggu lebih karena serangan jantung.

"Pernah dirawat bulan April. Sepertinya punya riwayat jantung, tapi selama ini enggak ada keluhan," kata dia.

Rabu 27 September 20017 Malam, Romi mendadak mengeluh sakit. Pihak Lapas segera memberi pertolongan.

"Langsung kami larikan ke rumah sakit Hermina," kata Mujiarto saat dihubungi.

Sehari sebelum Romi meninggal, Mujiarto mengaku sempat berbincang-bincang dengannya. Menurut dia, saat itu kondisi Romi terlihat sehat.

"Saya sempat ngobrol sama beliau sekitar setengah jam, enggak ngeluh sakit. Sehat-sehat saja. Makanya saya pun kaget dengar beliau meninggal," kata Mujiarto.

 

Romi dihukum karena tersangkut kasus suap sengketa Pilkada 2013, yang menyeret Akil Muchtar. Dia dihukum pidana selama 7 tahun penjara.

Sebelum menempati ruang blok D Lapas Gunungsindur, Romi sempat menghuni Lapas Sukamiskin Bandung.

"Beliau dipindahkan dari Sukamiskin ke Gunungsindur bulan Februari 2017," kata Mujuarto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Gol Lagi untuk Juventus, Higuain Panen Pujian

Posted: 27 Sep 2017 08:45 PM PDT

Striker Juventus, Gonzalo Higuain, mengakhiri paceklik gol kala bertanding melawan Olympiakos dalam pertandingan kedua babak penyisihan grup Liga Champions, Kamis (28/9/2017) dini hari WIB. Penyerang 29 tahun itu memecahkan kebuntuan Juventus usai dimasukkan di babak kedua, menggantikan Juan Caudrado. Juventus akhirnya menang 2-0 dalam laga tersebut.

Higuain hanya butuh sembilan menit untuk merobek gawang Olympiakos yang dijaga Silvio Proto. Memanfaatkan umpan tarik Alex Sandro, striker Argentina itu berhasil melesakkan bola dengan tenang. Adapun gol kedua Juventus dicetak Mario Mandzukic memanfaatkan assist Paolo Dybala.

"Begitu pertandingan usai, semua orang akan memberi kredit pada Allegri, klub, presiden, dan lainnya. Tidak, kredit kali ini pantas diberikan untuk Higuain. Dia layak mendapatkannya karena Anda bisa melecutnya dengan segala cara yang memungkinkan. Dia harus merespons di lapangan dan dia melakukan itu," ujar kapten Juventus, Gianluigi Buffon kepada Mediaset Premium.

Buffon turut senang Higuain akhirnya kembali mencetak gol. Seperti diketahui, sebelum gol ini, mantan penyerang Real Madrid itu sempat seret mencetak gol. Ia baru mencetak dua gol dalam enam laga Serie A, kalah jauh dibanding rekan senegaranya, Paulo Dybala yang sudah mengemas 10 gol.

"Saya senang dia memecah kebuntuan, karena kami juga membutuhkannya dan membutuhkan gol-golnya," kiper 39 tahun itu menambahkan.

Tak cuma Buffon, bek Andrea Barzagli juga ikut memuji Higuian. Menurutnya, jika tak ada gol Higuain, belum tentu Juventus akan menang.

 

 

"Ketika Higuain masuk dari bangku cadangan, permainan kami berubah dan dia memecah kebuntuan, sehingga kemudian membuka celah bagi kami," kata bek 32 tahun itu.

Ini merupakan kedua kalinya secara berturut Higuain dicadangkan oleh Allegri. Yang pertama, ia dicadangkan saat menghadapi Torino di Serie A akhir pekan lalu.

Atas kondisi tersebut, Barzagli mengungkapkan bahwa ia dan rekan-rekannya di Juventus, tidak cemas terhadap Higuain. Mereka tetap yakin bahwa pemain termahal Serie A itu bisa mencetak gol setiap saat.

"Menurut saya, Higuain pantas mendapatkan kredit atas apa yang dia lakukan dari bangku cadangan. Itu tidak mudah, karena seorang pemain yang biasanya tampil sebagai starter di setiap pertandingan, malah dicadangkan dua kali berturut-turut. Tetapi sikap dia luar biasa. Dia tahu mengatasi situasi dan tetap tenang," Barzagli menambahkan. (Abul Muamar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kondisi Ribuan Pengungsi Gunung Agung

Posted: 27 Sep 2017 08:45 PM PDT

Pemerintah telah mengungsikan ribuan orang setelah status Gunung Agung dinaikkan menjadi awas. Ratusan petugas medis juga dikerahkan memeriksa pengungsi terutama orang tua dan anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gading Marten Terpesona Kecantikan Yuni Shara

Posted: 27 Sep 2017 08:40 PM PDT

Gading Marten menjadi salah satu fotografer yang dilibatkan Yuni Shara dalam pembuatan buku bertajuk "Yuni Shara: Waktu Terbaik Adalah Saat Ini". Suami Gisella Anastasia ini mendapat kepercayaan untuk mengambil foto Yuni Shara usai bangun tidur.

Lucunya, Gading Marten mengaku jadi tak fokus ketika hendak mengambil foto Yuni Shara di pagi hari. Menurut Gading, meski usia Yuni Shara sudah menginjak 45 tahun, namun pesonanya tetap terpancar.

"Itu dia yang bikin gimana-gitu. Datang pagi-pagi, terus dibikinin roti, saya mikir, 'Yang ninggalin Teh Yuni pasti nyesel banget nih!'," ucap Gading Marten seraya bercanda di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2017). ‎

Selama hampir tiga jam, Gading Marten coba mengambil gambar terbaiknya. Hasilnya, Yuni Shara pun mengaku puas dengan jepretan putra Roy Marten tersebut.

"Gading ini satu-satunya yang bisa dapatkan gambarku yang ada ubannya dan terlihat kerutan. Itu enggak diedit sama dia, bagus banget," kata Yuni Shara.

"Iya, tapi ambil gambarnya juga deg-degan. Itu ruangan dingin, tapi saya keringetan coba?" sahut Gading Marten.

Terakhir, Gading Marten pun merasa puas dan bangga ketika foto-fotonya telah diabadikan Yuni Shara ke dalam sebuah buku. "Menurut saya Yuni Shara itu ikon ya, seorang ibu, artis dan punya banyak talenta. Aku bangga banget bisa terlibat di sini," tuturnya. (Ras)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Pengungsian Gunung Agung, Menhub Bagikan Mainan Anak

Posted: 27 Sep 2017 08:34 PM PDT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi datang ke lokasi para pengungsi Gunung Agung di GOR Swecapura, Klungkung, Bali. Pantauan Liputan6.com, Kamis (28/9/2017), Budi Karya tiba dan langsung menemui para pengungsi sekitar pukul 10.00 Wita.

"Makan semua cukup?" tanya Budi Karya kepada salah seorang pengungsi.

Ibu yang ditanya itu lantas menyampaikan keluhannya. Sebagai pengungsi, dia bersama warga lainnya sudah tidak nyaman tinggal di posko evakuasi tersebut.

"Capek kalau lama-lama di sini pak. Saya sehari-hari petani," ujar pengungsi itu.

Budi pun memberikan dorongan dan semangat. Warga juga digarapkan dapat menjaga kesehatan selama ada di pengungsian.

Selain berbincang, Budi juga membagikan berbagai mainan untuk anak-anak di pengungsian. Dia membagikan beragam mainan seperti pistol air, balon, masak-masakan, dan pistol plastik.

Anak-anak di pengungsian itu tampak senang, meski masih ada yang takut sehingga harus didampingi orangtuanya.

Budi Karya pun sempat bermain sebentar dengan anak-anak itu.

Usai kunjungan, dia menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pihak pemerintah daerah.

Tampak hadir Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan sejumlah jajaran Kabupaten Klungkung.

Hingga Rabu malam, 27 September 2017, pengungsi Gunung Agung di GOR Swecapura mencapai 3.341 jiwa.

 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan keselamatan rakyat Indonesia merupakan hal utama yang menjadi perhatian pemerintah. Hal ini dia katakan dalam konteks menghadapi meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali.

"Tentu saja prioritas yang terpenting adalah keselamatan rakyat kita," ujar Jokowi, Rabu (27/9/2017).

Jokowi mengatakan, pemerintah juga akan berusaha mengurangi dampak kerugian yang timbul akibat bencana tersebut.

"Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten akan terus berupaya sekuat tenaga agar kerugian masyarakat bisa diminimalisasi sekecil mungkin," tutur Jokowi.

Namun, kata dia, langkah tersebut tidaklah mudah mengingat tidak ada kepastian terkait kapan letusan tersebut akan terjadi. "Kita juga belum dapat memprediksi dengan akurat kapan persisnya dan seberapa besar intensitas," ungkapnya seperti dikutip dari Antara.

Oleh sebab itu, Jokowi meminta masyarakat sekitar Gunung Agung untuk mematuhi instruksi dan ketentuan dari para petugas yang berwenang.

"Agar kita semuanya sekuat tenaga bisa meminimalisasi seluruh dampak yang ada dari Gunung Agung ini," kata Jokowi.

Presiden juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memanjatkan doa agar rakyat dan pemerintah selalu diberikan kekuatan, keselamatan, dan ketabahan dalam menghadapi bencana ini.

"Kita semuanya memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar meringankan cobaan ini," ucap Jokowi.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarik Wisatawan Indonesia, Yordania Tawarkan Wisata Sejarah Islam

Posted: 27 Sep 2017 08:33 PM PDT

Meski tergolong negara kecil, Yordania punya sejuta daya tarik yang mampu mencuri perhatian masyarakat dunia. Negara yang berbatasan langsung dengan wilayah Israel dan Palestina itu, menyajikan keberagaman budaya dan tempat wisata.

Melihat potensi yang luar biasa tersebut, Jordan Tourism Board yang bernaung di bawah pemerintah Yordania, punya misi untuk terus mengundang masyarakat dunia -- salah satunya Indonesia -- agar dapat berwisata ke negaranya.

Negara yang beribu kota di Amman itu juga disebut dengan Negeri Para Nabi. Pasalnya, ada beberapa makam nabi yang ada di Yordania, di antaranya makam Nabi Nuh, Nabi Yahya, dan Nabi Harun.

Sebagai salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial. Hal itu disampaikan secara langsung oleh Duta Besar Yordania untuk Indonesia Walid Al Hadid.

"Yordania memiliki kekayaan yang tak hanya penting bagi umat Muslim, tetapi juga umat Kristen di dunia. Sejumlah situs bersejarah hingga makam para Nabi ada di negara kami," ujar Dubes Walid saat menyampaikan sambutan pada acara Jordan Tourism Board Bussines Dinner di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (27/9/2017) malam.

"Jalan-jalan ke Yordania itu ibaratnya beli paket perjalanan beli satu gratis tiga. Saat berkunjung ke Yordania, wisatawan dapat melanjutkan kunjungan ibadah seperti umrah di Mekah dan Madinah. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi Yerusalem," tambah Walid.

Dubes Walid mengatakan, hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Yordania terus meningkat dari tahun ke tahun terutama dalam sektor pariwisata.

Sementara itu, Direktur Jordan Tourism Board Afanah Z. Afanah melihat bahwa berwisata adalah salah satu kebutuhan bagi manusia. Dari sana, banyak orang dapat membuka mata dengan melihat sisi lain dari dunia.

"Terkait pariwisata di Yordania, kami mengajak warga Indonesia untuk berkunjung ke negara kami," ujar Afanah.

"Saya menjamin, Yordania akan memberi pengalaman terbaik dalam hidup Anda," tambahnya.

Sebelum menutup sambutan singkatnya, Afanah menyebut bahwa masyarakat Indonesia adalah orang terdekat bagi Yordania.

"Masyarakat Indonesia adalah saudara kami, teman kami dan keluarga kami. Maka dari itu ketika kalian berkunjung ke Yordania akan mendapat kenyamanan seperti berada di rumah sendiri," tutur dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Borong Cabai Murah di Kota Ini, Hanya Rp 2.000/Kg

Posted: 27 Sep 2017 08:32 PM PDT

Para ibu rumah tangga kalang kabut ketika harga cabai rawit mencatat rekor tertinggi sepanjang masa pada Februari-Juni 2017 lalu. Pemerintah pun tak tinggal diam. Beragam program dilakukan, mulai operasi pasar, hingga aksi bagi-bagi biji cabai dan bibit gratis.

Mereka menggelar aksi tanam cabai massal. Kebun, pekarangan rumah, hingga teras-teras rumah penuh dengan cabai. Siapa sangka, gerakan massal tanam cabai itu kini justru menuai bencana. Harga cabai justru merosot tajam. Petani cabai pun gigit jari karena merugi.

Pasalnya, mereka mulai menanam saat seluruh sarana produksi pertanian, terutama bibit, tengah berada di puncak harga, mengiringi harga cabai yang begitu tinggi. Sementara, harga cabai saat ini justru sedang turun. Seperti di Banjarnegara, cabai rawit dari petani hanya dihargai Rp 4.000 per kilogram.

Menurut Endrianti, seorang petani di Kejawar, harga itu turun 20 kali lipat dibanding harga tertinggi antara Maret-Juni 2017 lalu. Saat itu, cabai rawit merah begitu berharga dengan harga Rp 80 ribu per kilogram dari petani.

"Waktu itu ke tengkulak dihargai 80 ribu, sama tengkulak enggak tahu dijual berapa ke pedagang pasar. Pokoknya dijualnya Rp 120 ribu, diecerkan," dia menuturkan.

Menurut Endri, nasib cabai hijau lebih parah lagi. Kini, di tingkat petani, harga cabai hijau hanya Rp 2.000 per kilogram, atau turun 10 kali lipat dibanding harga normal, yakni Rp 20 ribu per kilogram.

"Kalau enggak kasihan cabainya, enggak saya panen. Enggak cukup buat bayar tenaga. Ini karena kasihan cabainya juga. Masa sudah tua enggak dipetik," ujar dia.

Petani cabai ijo menyiram tanaman di musim kemarau, harga cabai ijo ambrol dan hanya dihargai Rp 2.000 per kilogram. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo).

Endrianti menduga, penurunan harga gila-gilaan ini disebabkan panen raya serentak di berbagai wilayah penghasil cabai, seperti Banjarnegara, Magelang, Wonosobo, Banyumas, hingga Brebes.

Celakanya, panen serentak itu tak bisa diserap pasar karena cabai-cabai yang ditanam ibu rumah tangga pun tengah berbuah. Itu sebab, mereka tak butuh cabai pasar. Mereka cukup memetik dari pekarangan atau terasnya.

"Ibu-ibu itu, kan? Di PKK dikasih bibit gratis. Pada nanam semuanya di rumah. Buahnya juga bagus-bagus, karena curah hujan rendah, tidak ada penyakit," kata Endri.

Sementara itu, pedagang di Pasar Induk Gandrungmangu, Aminah, mengatakan saat ini harga jual cabai rawit eceran hanya Rp 12 ribu sampai Rp 13 ribu per kilogram. Ia sendiri mengaku membeli dengan harga Rp 10 ribu dari tengkulak.

Hal senada disampaikan Aminah. Dia pun menduga jatuhnya harga cabai rawit terjadi lantaran ada gerakan menaman cabai rawit massal yang dilakukan oleh kelompok-kelompok perempuan, seperti PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Aminah mengungkapkan, cabai rawit yang ditanam berbagai kelompok itu tengah berbuah. Sementara, akhir September ini, cabai petani juga tengah panen raya. Itu sebabnya, suplai melimpah cabai tak diimbangi dengan permintaan konsumen. Pada akhirnya, harga jatuh ke titik terendah.

Dia mengungkapkan, harga cabai ini merupakan yang terendah dalam beberapa tahun terakhir. Harga normal cabai rawit eceran beberapa tahun belakangan yaitu sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogram. "Sepertinya ini harga terendah selama 3 tahun terakhir, kalau tidak salah," kata Aminah.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng PD Pasar Jaya, Bank DKI Buka 3 Kantor Baru

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Bank Pembangunan Daerah DKI atau Bank DKI membuka sejumlah kantor baru di wilayah Jakarta dan Tangerang, Banten. Ini sebagai bentuk ekspansi yang dilakukan oleh BUMD ini terutama untuk memudahkan akses bank bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan para pdagang pasar. 

Bersama dengan BUMD lain, PD Pasar Jaya, Bank DKI membuka 3 kantor baru di pasar, yaitu di Pasar Enjo – Pisangan Lama, Pasar Bata Putih – Kebayoran Lama dan Pasar Kalibaru – Cilincing. Acara peresmian pembukaan kantor layanan tersebut dipusatkan di Pasar Enjo – Pisangan Lama oleh oleh Direktur Bisnis Bank DKI, Antonius Widodo Mulyono di Jakarta (26/09).  Pada hari yang sama, Bank DKI juga membuka kantor layanan di daerah Summarecon Serpong Tangerang.

Direktur Bisnis Bank DKI, Antonius Widodo mengatakan, kehadiran Bank DKI di Pasar-Pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya adalah sebagai upaya Bank DKI untuk terus meningkatkan layanan perbankan khususnya untuk memberikan pembiayaan mikro dan ritel kepada para pedagang pasar, baik yang dikelola PD Pasar Jaya maupun pasar lainnya.

"Agar Bank DKI lebih dekat dengan para pedagang pasar," katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (28/9/2017).

Lebih lanjut Antonius Widodo menuturkan pembukaan kantor di pasar-pasar yang dikelola oleh PD Pasar Jaya merupakan salah satu perwujudan misi Bank DKI dalam menjadi bank transaksi pilihan UMKM dengan cara mempermudah pedagang dan pengunjung pasar-pasar PD Pasar Jaya untuk dapat melakukan transaksi pembayaran, baik itu melalui ATM Bank DKI, ataupun melalui sarana uang elektronik berbasis aplikasi yaitu JakOne Mobile. Bank DKI akan menggandeng pelaku UMKM untuk dapat menjadi nasabah maupun sebagai merchant JakOne Mobile.

"Dengan teknologi scan to pay pada aplikasi JakOne Mobile, nasabah hanya perlu menggunakan smartphone-nya untuk melakukan pembayaran dan secara otomatis masuk ke rekening merchant," ujarnya.

Adapun mengenai pembukaan kantor layanan yang ada di Summarecon, Antonius menjelaskan bahwa Serpong merupakan kawasan dengan potensi bisnis yang besar, sehingga diharapkan dapat meningkatkan bisnis Bank DKI secara keseluruhan.

Sepanjang tahun 2017, Bank DKI telah membuka 11 kantor layanan di pasar kelolaan PD Pasar Jaya. Selain itu di tahun 2017.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canon Bidik EOS 6D Mark II Terjual 400 Unit

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Canon baru meluncurkan Canon EOS 6D Mark II, kamera DSLR full frame penerus EOS 6D yang dirilis empat tahun sebelumnya. Produk ini dijual Rp 28 jutaan tanpa lensa dan Rp 42,5 jutaan dengan lensa EF 85mm f/1.4L IS USM.

Canon Division Director pt Datascrip Merry Harun menargetkan kamera ini terjual 400 unit hingga akhir tahun. "Karena kita akan jual mulai dari Oktober atau satu kuartal hingga akhir tahun. Penjualan akan dilakukan melalui channel digital dan ada juga melalui Canon Image Square," kata Merry saat ditemui di peluncurannya di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (27/9/2017) kemarin.

Canon EOS 6D Mark II ditujukan bagi pengguna profesional, pehobi fotografi, untuk pengguna yang ingin upgrade dari kamera non-full frame ke full frame, serta untuk mereka yang ingin upgrade dari kamera EOS 6D ke EOS 6D Mark II.

"Karena di kamera ini banyak teknologi yang diperbarui, jadi memang hadir untuk profesional dan pehobi. Karena jaraknya 4 tahun dari produk pendahulunya, jadi sudah waktunya untuk ganti," katanya.

Merry melanjutkan, kamera DSLR berbeda dengan kamera compact yang mengikuti tren. "Kalau DSLR memang lama (muncul model barunya), karena developing-nya dan memang nggak perlu stylish. Sementara kalau kamera compact memang lebih mengarah ke lifestyle jadi pergantiannya cepat dan mengikuti perkembangan," ujarnya.

Menurutnya, kamera DSLR biasanya baru update di atas 2 tahun setelah model pendahulunya diluncurkan, sebab kalau terlalu sering berganti pembaruan yang dihadirkan tidak maksimal. "Kalau sebentar-sebentar ganti, itu upgrade-nya nanggung jadi memang harus banyak pembaruan teknologi sekalian baru ada yang baru," kata dia.

Canon EOS 6D Mark II masuk dalam kamera kelas high-end. Namun menurut Merry, kamera ini telah ditunggu-tunggu kehadirannya oleh pecinta fotografi profesional. Bagi Canon di Indonesia, kamera memang menjadi salah satu tulang punggung pendapatan dengan perbandingan 50:50 dengan printer seri inject.

Namun, sebenarnya pada 2012, kontribusi kamera untuk penjualan Canon di Indonesia mencapai lebih dari 60 persen, sebagian besar dari kamera compact. "Tapi setelah itu mulai kemakan sama smartphone, sehingga market size jadi lebih kecil. Itu pengaruh banget. Nah sampai sekarang kamera 50 persen, itu menurun sedikit demi sedikit," katanya.

Meski begitu, di sisi kamera DSLR, EOS 6D memang memberikan kontribusi besar. "Karena memang yang kelas 5D atau 1D itu mahal sekali, jadi kalau yang ini (EOS 6D Mark II) harganya memang lebih affordable. Ini sebenarnya pengganti 6D, dan sudah banyak yang menantikan 6D mark 2 karena wifi lebih cepat. Pengguna sekarang ingin lebih cepat memindahkan fotonya dengan wifi yang lebih cepat," katanya.

Sebelumnya di tahun 2012, Canon banyak menjual kamera compact dengan harga di bawah Rp 1 jutaan, tetapi karena pasar tersebut tergerus smartphone, Canon mulai meninggalkan pasar kamera di bawah Rp 1 jutaan.

"Sekarang sudah tidak main di situ. Sekarang bener-benar ambil segmen menengah ke atas. Mulai 2015, kamera paling murah yang dijual Canon itu yang Rp 1,3 jutaan. Itu memberi cukup banyak kontribusi ke produk kamera," tutur Merry.

Menurut Merry, meski pun sudah banyak orang puas dengan kamera smartphone, masih ada banyak orang yang menggunakan kamera untuk dokumentasi.

"Masih banyak orang menggunakan kamera itu dokumentasi, misalnya untuk dokumentasi anak ulang tahun kebanyakan pakai kamera, karena resolusi dan karena ingin dicetak. Sementara kalau di smartphone agak sulit mencari ulang momen tersebut beberapa tahun kemudian sebab seringkali sudah berganti smartphone," katanya.

(Tin/Cas)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Juventus Dobrak Pertahanan Tim Tamu Olympiacos

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Gonzalo Higuain mempunyai banyak peluang untuk mencetak gol, namun bintang asal Argentina itu seakan lagi kurang bagus musim ini. Dicadangkan di dua partai beruntun, Pipita akhirnya dipercaya untuk memecah kebuntuan Juventus dalam mendobrak pertahanan kuat tim tamu Olympiacos, Rabu (27/9).

Sang penyerang mengemas gol pembuka pada menit ke-69, sebelum menjadi kunci timnya mencetak gol kedua lewat Mario Mandzukic di menit 80.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Minum Air, Rahasia Tetap Segar Meski Kurang Tidur

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Mengerjakan tugas kuliah, menyusun proposal penting, atau tak bisa mangkir dari pesta sampai pagi terkadang membuat kita akhirnya kurang tidur, bahkan tak tidur sama sekali. Tak menjadi soal jika keesokan harinya Anda bisa libur dan tidur seharian. Namun, bagaimana jika Anda dituntut untuk tetap beraktivitas normal seperti hari lainnya?

Mengantuk, lemas, dan suasana hati buruk adalah konsekuensi dari kurang tidur. Meminum kopi untuk membuat terjaga bukan ide baik. Kopi memiliki efek diuretik--membuat Anda kerap berkemih--sehingga menyebabkan dehidrasi. Ini hanya akan membuat Anda semakin merasa tak berenergi.

Solusi untuk mengatasi kurang tidur memang sebaiknya dengan tidur. Namun, jika tak memungkinkan, Anda perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah lemas. Minum air dalam jumlah cukup bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga tak dehidrasi, melansir laman Purewow, Kamis (28/9/2017).

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Connecticut menemukan, dehidrasi ringan (yang bisa disebabkan karena Anda menunda minum) bisa memengaruhi suasana hati dan kadar energi secara dramatis. Jadi bila Anda melewatkan minum air, Anda membuat tubuh sulit mengatasi dampak dari kurang tidur.

Meminum segelas air atau infuse water sebelum memulai hari setelah begadang cukup efektif meningkatkan kadar energi tubuh. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutup Asia Song Festival, Leeteuk Super Junior: Assalamualaikum

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Leeteuk Super Junior didaulat menjadi pembawa acara Asia Song Festival 2017. Dalam acara tersebut, leader boyband asuhan SM Entertainment itu ditemani oleh Jackson GOT7.

Lucunya, saat acara terbesar di Asia ini hampir selesai, Leeteuk Super Junior mengucap "Assalamualaikum". Tepatnya, saat artis asal Indonesia Shae diperkenalkan di atas panggung.

 

"From Indonesia, Shae, assalamuaikum, terima kasih," ucap Leeteuk di Busan Asiad Main Stadium, Korea Selatan, beberapa waktu lalu. Tak sampai di situ, Leeteuk Super Junior juga kembali mengucap 'assalamualaikum' dan 'terima kasih' saat menutup acara Asia Song Festival 2017 lalu.

"Kalau aku nggak salah dengar pembawa acaranya bilang 'assalamualaikum'," ujar Shae usai turun dari panggung Asia Song Festival 2017.

Bukan hal yang mengherankan bila pentolan Super Junior itu akrab dengan kata-kata ini. Pasalnya, Leeteuk memang memiliki banyak penggemar dari Indonesia dan kedua kata itu memang kerap kali ia ucapkan.

 

Sementara itu, Shae juga mengungkapkan kekagumannya atas penampilan idola K-Pop EXO malam itu. Menurutnya selain memiliki wajah tampan, performa EXO yang menyanyikan tiga lagu ini juga sangat memukau.

"Aku sampai joget-joget di backstage tadi. Asyik banget lagunya dan mereka keren banget," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Valverde Akui Barcelona Susah Payah Kalahkan Sporting

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mensyukuri kemenangan tipis 1-0 atas Sporting Lisbon di partai kedua Grup D Liga Champions, Kamis (28/9/2017) dinihari WIB. Pasalnya, kemenangan itu tak mudah diraih timnya.

"Kami bermain dengan determinasi dan dominasi di babak pertama. Jika Anda ingin menang di pertandingan penting, Anda harus bekerja keras," ujar Valverde seperti dilansir Soccerway.

Dalam pertandingan di Estadio Jose Alvalade, Barcelona menurunkan duet bomber andalannya, Luis Suarez dan Lionel Messi. Meski demikian, gawang Sporting tak lantas mudah dibobol.

Barcelona malah bisa dibilang beruntung karena menang lewat gol bunuh diri. Bek Sporting, Sebastian Coates membuat gol bunuh diri pada menit 49.

"Ketika kami menang 1-0, Sporting menunjukkan kegigihannya dan membuat kami kesulitan. Tapi ayolah, ini Liga Champions yang pertandingannya tak pernah mudah," kata Valverde.

Kemenangan ini membuat Barcelona semakin mantap di puncak klasemen Grup D dengan enam poin. Di partai sebelumnya, Barcelona sukses menggilas Juventus dengan skor 3-0.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Makanan yang Bisa Menghambat Munculnya Keriput di Wajah

Posted: 27 Sep 2017 08:30 PM PDT

Tanda penuaan seperti keriput adalah sesuatu yang nyata dan tidak bisa Anda lawan. Namun ternyata, makanan yang tepat dapat membuat perbedaan serius pada kulit wajah Anda.

Makanan yang padat nutrisi akan membuat kulit halus dan tetap terhidrasi, membantu mempertahankan serat kolagen dan elastisitas yang dibutuhkan agar kulit bebas kerutan. Dilansir dari ehow.com, Kamis (28/9/2017), berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda melawan munculnya keriput di wajah. Penasaran?

1. Tomat

Tomat kaya akan sumber lycopene, antioksidan kuat yang mampu membantu menetralkan beberapa efek penuaan akibat kerusakan karena paparan sinar matahari. Tomat menyediakan banyak vitamin C, nutrisi yang Anda perlukan untuk membentuk kolagen baru, serta vitamin A yang memberi kulit cahaya alami.

Berikut manfaat tomat untuk kecantikan kulit dan cara mengolahnya di rumah dengan sederhana. (Foto: iStockphoto)

2. Telur

Telur juga merupakan makanan yang kaya akan vitamin A. Selain itu, telur juga menyediakan lemak sehat, membantu kulit tetap lembap untuk mengurangi kerutan, zat besi, tembaga, dan seng, mineral yang menjaga kulit tetap halus, serta protein yang memasok asam amino agar kulit tetap kuat.

3. Air putih

Ya, Anda tentu sering mendengar bahwa minum air putih sangat baik untuk kesehatan kulit Anda. Selain air putih, teh juga merupakan asupan penting bagi kulit untuk melawan keriput.

 

4. Kaldu tulang

Makanan ini pernah menjadi tren di tahun 2016 karena manfaat anti penuaannya. Karena harus dimasak dalam waktu lama, bisa lebih dari 24 jam, kaldu tulang adalah sumber kolagen yang hebat, dan protein yang dapat membantu menjaga kulit tetap halus dan bebas kerut.

5. Selada air

Selada air memiliki nutrisi yang kaya, hampir tidak ada vitamin A yang lebih baik daripada selada air. Selada air juga merupakan sumber dari potassium yang baik, mineral bagi jantung yang sehat, serta lemak omega 3 yang dapat membantu melawan peradangan.

6. Minyak zaitun

Memilih jenis minyak yang tepat untuk jenis kulit Anda akan membantu Anda mengurangi masalah yang akan terjadi pada wajah. (foto: Istockphoto)

Kuncinya adalah melembapkan. Minyak zaitun memasok asam lemak tak jenuh yang sehat untuk mendukung keseimbangan lipid kulit, dilengkapi dengan antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan dan sinar matahari.

7. Blueberry

Buah blueberry dapat meningkatkan sekitar 85% tingkat hidrasi kulit. Selain itu, blueberry juga mengandung vitamin C untuk mendukung produksi kolagen untuk memerangi efek penuaan, seperti keriput.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dramatis, Chelsea Menang Tandang atas Atletico Madrid

Posted: 27 Sep 2017 08:26 PM PDT

Chelsea menuai kemenangan tandang dramatis atas Atletico Madrid, Rabu (27/9) dalam lanjutan Grup C Liga Champions. The Blues dominan sejak menit awal, namun kombinasi penyelesaian buruk dan penyelamatan gemilang Jan Oblak membuat belum ada gol tercipta.

Antoine Griezmann mengkonversi penalti di menit 40 seusai David Luiz menarik jersey Lucas Hernandez. Eden Hazard mengirim crossing sempurna untuk gol sundulan Alvaro Morata (60'). Michy Batshuayi menjadi super-sub melalui tembakan jarak dekat di menit injury time babak kedua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSI: Perpanjang Masa Kerja Pansus KPK, DPR Melawan Harapan Publik

Posted: 27 Sep 2017 08:22 PM PDT

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyayangkan perpanjangan masa kerja Pansus Hak Angket KPK. Ketua Umum PSI, Garce Natalie, mengatakan keputusan politik itu bertentangan dengan harapan publik.

"Survei (Saiful Mujani Research Center) SMRC menyatakan 60 sekian persen masyarakat menolak Pansus Hak Angket KPK. Itu kan jumlah besar sekali," kata Grace, Kamis (29/9/2017).

PSI sendiri sejak awal menolak pembentukan Pansus Hak Angket KPK. Grace menilai pembentukannya maladministrasi.

Kerja Pansus juga dianggap menyalahi aturan. Materi Pansus, kata Grace, masuk dalam ranah penyidikan KPK.

PSI berharap partai-partai pendukung Pansus Hak Angket KPK mau mendengarkan aspirasi rakyat.

"Kita tidak melihat ada upaya penguatan KPK di dalam Pansus. Yang kita saksikan justru sebaliknya," tegas Grace seperti dikutip dari Antara.

Grace menambahkan, Presiden Jokowi telah menyatakan komitmennya mendukung KPK. Karena itu, dia berharap partai pendukung Jokowi yang jadi anggota Pansus KPK memiliki komitmen yang sama.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, mengatakan pertanyaan-pertanyaan Pansus sudah dijelaskan KPK dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR. Menurutnya, klarifikasi KPK di forum tersebut sudah cukup.

"Saya enggak mengatakan itu (Pansus Angket KPK) sia-sia, tapi marilah kita efisien dan efektif. Efisien itu sudah di Komisi III. Silakan KPK 'ditelanjangi' di Komisi III," kata Saut di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2017.

Ia heran dengan perpanjangan masa kerja Pansus Angket KPK. Saut berpendapat pansus bukan forum yang tepat untuk menjawab pertanyaan anggota dewan terkait proses kerja KPK.

"Pertanyaannya buat kita, forumnya bukan di situ (di pansus), tapi di Komisi III. Pertanyaan pansus itu sudah kita jawab di Komisi III semuanya," Saut menegaskan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipanggil Mommy, Chelsea Olivia Kaget

Posted: 27 Sep 2017 08:20 PM PDT

Chelse Olivia dan Glenn Alinskie bahagia, perkembangan buah hatinya cukup baik. Mereka tak menyangka anaknya yang baru saja merayakan ulang tahun pertamanya sudah pandai bicara.

Bahkan, Chelsea Olivia sempat kaget saat sang anaknya memanggil dirinya 'mommy'. Dan itu terjadi bukan di rumah melainkan di tengah menjalani syuting.

90th Optik Seis (Nurwahyunan/bintang.com)

Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie, bersama Nastusha saat itu menjalani syuting iklan bakery. Tiba-tiba Nastusha yang berada dalam gendongan Chelsea pun memanggilnya 'mommy'.

Tentu saja itu membuat Chelsea Olivia kaget bukan kepalang. Begitu pun sang suami, Glenn Alinskie. Chelsea pun tak dapat menyembunyikan raut kebahagiaan kala anaknya sudah bisa memanggil dirinya.

Momen bahagia ini pun tak luput direkam, dan diunggah di akun Instagram Chelsea Olivia, Rabu (27/9/2017). Tampak ketiganya tengah bersiap untuk melanjutkan syuting dengan latar warna putih.

"Pertama kali dia ngomong "MOMMY" dengan jelass... omg senengg bangettt u made my day honey @nastusha.olivia.alinskie...," tulis Chelsea Olivia sebagai keterangan video.

 

 

Gaya Nastusha itu bukan saja membuat Chelsea Olivia gemas, tapi juga para warganet. Video singkat ini telah ditonton lebih dari 980 ribu kali, dan para warganet pun melontarkan kekagumannya di kolom komentar.

"Ntah berapa x udh ngulang2 ini Video ...," tulis akun @methamasduqi.

Akun @deblilyhandayani menimpali, "Wow Nastusha sdh bisa panggil Mami...."

"Seneng banget Ngeliatnya. Apalagi ngeliat ekspresi semuanya. Sampe Video ini diulang² terus..," terang akun @riskaaprilia07

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Barcelona Menang Susah Payah atas Sporting Lisbon

Posted: 27 Sep 2017 08:17 PM PDT

Barcelona memuncaki klasemen sementara Grup D Liga Champions sehabis menang susah payah 1-0 di markas Sporting Lisbon, Rabu (27/9). Tim tamu tampil dominan mulai menit pertama, namun mereka digagalkan oleh serangkaian penyelamatan cemerlang kiper Rui Patricio.

Gol tunggal pertandingan dinaungi keberuntungan, ketika tendangan bebas Lionel Messi berbelok dua kali sebelum kena badan Sebastian Coates dan bola bergulir masuk ke gawang Sporting.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung Liga Europa

Posted: 27 Sep 2017 08:15 PM PDT

Liga Europa telah memasuki matchday kedua. Klub unggulan seperti Arsenal, AC Milan, dan Lyon tentu tak mau kehilangan angka.

Dini hari WIB nanti, The Gunners akan menantang tuan rumah BATE. Anak asuh Arsene Wenger ini ingin mencatatkan rekor sempurna setelah menang atas Koln pada matchday pertama.

Laga BATE kontra Arsenal akan digelar pukul 00.00 WIB. Rencananya, laga ini juga disiarkan langsung oleh Bein Sports 1 dan SCTV.

Di laga lain, AC Milan akan menjamu Rijeka. Klub raksasa Italia itu ingin mencari pelampiasan setelah kalah 0-2 melawan Sampdoria di Liga Italia.

Laga AC Milan melawan Rijeka akan dimulai pukul 02.05 WIB. Rencananya laga ini juga bakal disiarkan langsung oleh SCTV dan Bein Sport 3.

Klub raksasa Prancis, Lyon akan menantang Atalanta. Laga ini tentu tak kalah menarik karena keduanya sering menjadi kuda hitam di kompetisi masing-masing.

Berikut jadwal siaran langsung Liga Europa matchday kedua.

Jumat (29/9/2017)00.00 WIB    BATE Vs Arsenal (SCTV / Bein Sport 1)00.00 WIB    Athletic Bilbao Vs Zorya (Bein Sport 2)00.00 WIB    Nice Vs Vitesse (Bein Sport 2)02.05 WIB    Everton Vs Apollon (Bein Sport 1)02.05 WIB    Lyon Vs Atalanta (Bein Sport 2)02.05 WIB    AC Milan Vs Rijeka (SCTV / Bein Sport 3)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Incar Banggar DPR dalam Kasus E-KTP?

Posted: 27 Sep 2017 08:15 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus megakorupsi proyek e-KTP. Setelah menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardja sebagai tersangka, KPK masih terus mengincar pihak yang terlibat dalam kasus yang merugikan negara Rp 2,3 triliun itu.

"Prinsip dasarnya pihak-pihak yang melakukan korupsi bersama-sama yang diduga menikmati aliran dana tentu akan kita dalami secara terus-menerus," ujar juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu, 27 September 2017.

Dia menuturkan pengusutan keterlibatan pihak lain ini dilakukan seiring penyidikan terhadap tiga orang tersangka. Selain Anang, KPK masih menyidik kasus e-KTP dengan tersangka Ketua DPR Setya Novanto dan politikus Golkar Markus Nari.

"Kemungkinan pi‎hak-pihak lain yang juga harus mempertanggungjawabkan perbuatannya tentu ada. Tapi kita fokus dulu terhadap enam orang ini untuk diproses lebih lanjut. Karena ada tiga yang di penyidikan nantinya. Proses penyidikan ini akan kita maksimalkan sampai ke penuntutan," ujar Febri.

Terkait penyidikan ketiga tersangka ini, Febri memastikan KPK akan memanggil sejumlah saksi. Termasuk para pimpinan Banggar DPR RI saat itu, yaitu Melcias Markus Mekeng, untuk membuktikan tindak pidana korupsi yang dilakukan Anang, Setya Novanto, dan Markus Nari.

"Kalau pemanggilan saksi-saksi akan kita lakukan lagi.‎ Namun, tidak semua kita panggil lagi. Hanya yang relevan dan terkait untuk pembuktian perbuatan-perbuatan," ujar dia.

Dalam dakwaan kasus tersebut, banyak nama-nama anggota DPR yang disebut menikmati uang haram e-KTP. Namun, nama-nama tersebut hingga kini belum ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka adalah Melcias Markus Mekeng, yang menerima sejumlah US$ 1,4 juta, Olly Dondokambey sejumlah US$ 1,2 juta, Chaeruman Harahap sejumlah US$ 584 ribu dan Rp 26 miliar.

Kemudian Ganjar Pranowo diduga menerima sejumlah US$ 520 ribu, Agun Gunandjar Sudarsa, selaku anggota Komisi II dan Banggar DPR RI sejumlah US$ 1,047 juta dan masih banyak yang lainnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang merupakan politikus senior Partai Golkar mendukung wacana mundurnya Setya Novanto dari kursi Ketua Umum Golkar.

Pria yang akrab disapa JK ini menuturkan, hal yang tepat jika Setya Novanto mundur dari posisi di Golkar saat ini. Sebab, kata dia, partai punya pengaruh besar terhadap apa yang dilihat oleh publik.

"Sepantasnya begitu. Karena ini kita tidak bicara pribadi atau kita tidak bicara hanya legalitas. Kita bicara image (citra). Partai itu tergantung image masyarakat," kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Pernyataan JK ini muncul terkait hasil Rapat Pleno Harian DPP Partai Golkar, Senin, 26 September kemarin. Dalam rapat, muncul opsi agar Setnov mundur dan menunjuk pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

Opsi agar Setnov mundur didasarkan pada alasan kajian elektabilitas Partai Golkar yang menurun.

"Kalau publik sudah menyatakan pimpinannya jelek, apalagi pimpinannya begitu, kan? Jadi memang keputusan itu, seharusnya demikian (mundur)," ucap JK.

Opsi agar Setya Novanto mundur tak terlepas dari kasus yang membelit Ketua DPR itu saat ini. KPK telah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: