Rabu, 06 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Duel Antarlini Filipina U-19 Vs Timnas Indonesia U-19

Posted: 06 Sep 2017 10:10 PM PDT

Timnas Indonesia U-19 bakal menatap laga kedua menghadapi Filipina U-19 dalam lanjutan Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Duel antarlini patut dinantikan, karena masing-masing pemain patut disorot kinerjanya.

Garuda Nusantara membuka laga dengan kemenangan 2-1 atas tuan rumah Myanmar. Filipina sendiri justru kebalikannya. Sempat unggul, mereka justru dibalikkan oleh Brunei Darussalam 2-3.

Secara rekor pertemuan, Indonesia dan Filipina jarang sekali bersua pada level U-19.
Tercatat, Indonesia baru dua kali bertemu dengan calon lawannya itu.

Rekornya tak pernah kalah. Teranyar, Timnas Indonesia U-19 sukses menang 3-1 dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Agustus tahun lalu.



Dalam laga itu, terdapat gambaran para pemain lawan yang wajib diwaspadai tim besutan Indra Sjafri. Berikut duel antarlini Timnas Indonesia U-19 kontra Filipina U-19 yang menarik untuk dinantikan:

 

Kiper Timnas Indonesia U-19, Muhammad Riyandi  saat uji coba melawan Espanyol B pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, (15/7/2017). Timnas U-19 kalah 2-4. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Muhammad Riyandi menjadi salah satu pahlawan kemenangan Indonesia atas Myanmar. Meski kebobolan satu gol, penampilannya patut diacungi jempol.

Dalam catatan LabBola, Riyandi sukses melakukan lima penyelamatan. Bukan hanya itu, dia juga lakukan satu intersep, satu tekel, dan 21 umpan sukses.

Jelas, hal itu menjadi sinyal positif bagi gawang Garuda Nusantara. Akan tetapi, dia harus waspada andai tak mau kehilangan panggung oleh Michael Asong.

Asong sendiri performanya kurang maksimal pada laga perdana. Namun berkaca pada uji coba tahun lalu, dia sukses lakukan dua save saat lawan Indonesia.






Pemain Timnas Indonesia U-19, Rifad Marasabessy saat uji coba melawan Espanyol B pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, (15/7/2017). Timnas U-19 kalah 2-4. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Marasabessy juga menjadi salah satu yang patut disoroti. Penampilannya sebagai fullback kanan Indonesia sangat impresif saat lawan Myanmar.

LabBola mencatat, Marasabessy sukses catatkan satu assist, tiga percobaan tembakan, satu di antaranya ke gawang. Dia juga melakukan 43 umpan sukses dengan tiga intersep.

Kendati demikian, Marasabessy akan beradu dengan Borlongan sebagai bek sayap kiri Filipina. Borlongan sendiri sudah enam kali memperkuat Filipina U-19 sejak 2015 lalu.

Padahal, saat ini usianya masih 18 tahun. Itu sudah membuktikan kalau sang pemain sangat jadi tulang punggung tim. Dia sudah mencatatkan enam caps dengan total 384 menit bersama Filipina U-19.






Pemain Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri saat uji coba melawan Espanyol B pada laga persahabatan di Stadion GBLA, Bandung, (15/7/2017). Timnas U-19 kalah 2-4. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Egy Maulana bersama Indonesia bermain lebih fleksibel, atau versatille. Dia bisa ditempatkan sebagai pemain depan bayangan, atau gelandang serang.

Pemain binaan Indra Sjafri ini menjadi bintang kemenangan Garuda Nusantara saat lawan Myanmar. Dia mencetak dua gol dari total lima tembakan ke gawang.

Selain golnya itu, Egy juga berhasil mencatatkan 74% akurasi umpan dan satu tekel sukses. Namun, dia harus waspadai Lorenzo Giuseppe.

Giuseppe sendiri merupakan hasil naturalisasi asal Italia. Dia menjadi salah satu pencetak gol ke gawang Indonesia pada pertemuan 2016 lalu.

 

Hanis Saghara Putra. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Hanis bukan cuma cemerlang, tapi istimewa saat lawan Myanmar. Beberapa kali dia buka peluang. Salah satunya menit 24 kala dia bekerja sama dengan Saddil yang sayangnya tak berbuah manis.

Dia memang tak cetak gol, namun kinerjanya sebagai ujung tombak tim sangat diperhitungkan. Dia diprediksi bakal menjadi salah satu striker masa depan Indonesia.

Filipina sendiri punya gacoan yang mengerikan, yakni Tacardon. Mantan kapten timnas U-16 Filipina itu juga merupakan hasil naturalisasi.

Tacardon mencetak dua gol di Piala AFF U-16. Pada Piala AFF U-18 kali ini, dia juga sudah cetak gol ke gawang Brunei Darussalam.

(Eka Setiawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Tolak Tawaran, Apa Jadinya Goblin Tanpa Gong Yoo?

Posted: 06 Sep 2017 10:10 PM PDT

Gong Yoo meraih kesuksesan besar lewat perannya dalam serial Goblin. Namun siapa sangka bahwa Gong Yoo pernah menolak tawaran untuk bergabung dalam drama tersebut. Hal ini diceritakan langsung oleh sang penulis skenario, Kim Eun Sook.

Kim Eun Sook mengungkap bahwa Gong Yoo selalu menolak tawaran casting darinya. Hal ini sempat menjadi kendala sendiri, sebab tak ada aktor lain di benak Kim Eun Sook yang cocok memerankan karakter Goblin selain Gong Yoo.

Berkat drama fenomenal Goblin, Gong Yoo dikabarkan jatuh cinta dengan Kim Go Eun. Benarkah itu?

"Aku ditolak berkali-kali, jadi ketika suatu saat dia menerima tawaranku, aku sangat senang. Aku jatuh cinta dengan dengan Gong Yoo sebabagi seorang aktor," tutur Kim Eun Sook seperti dikutip dari situs Allkpop, Rabu (7/9/2017).

"Sejak awal aku juga bisa memprediksi bahwa aktor dan aktris dalam serial ini akan menuai kesuksesan besar. Setelah drama berakhir aku harap mereka bisa lebih sukses lagi dan mendapat tawaran iklan yang banyak. Dan sepertinya harapanku itu terkabul," lanjutnya.

Dan setelah syuting dimulai, Kim Eun Sook menyadari, bahwa usahanya untuk membujuk Gong Yoo bergabung dalam Goblin membuahkan hasil. "Setelah mencoba terus-menerus, dia akhirnya datang bekerja dengan saya untuk Goblin. Melihat dia, saya merasa sangat bangga. Dia aktor hebat," ujar Kim Eun Sook.

Sungjae, Lee Dong Wook dan Gong Yoo dalam drama Goblin (2016).

Kim Eun Sook adalah penulis untuk drama fenomenal lainnya seperti Descendants of the Sun, Heirs, Secret Garden, Signal, dan A Gentleman's Dignity. Drama selanjutnya yang akan ia produksi adalah Mr. Sunshine yang akan dibintangi oleh Lee Byung Hun, Kim Tae Ri, Yoo Yeon Seok, dan Byun Yo Han.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Sesi Bercinta Lebih Istimewa? Ubah Kamar Tidur Anda!

Posted: 06 Sep 2017 10:09 PM PDT

Lokasi yang paling sering jadi andalan Anda untuk bermesraan dan bercinta dengan pasangan pastinya kamar tidur—apalagi jika Anda masih tinggal di rumah mertua atau orangtua.

(Baca juga: 5 Tips Aman Bercinta di Kamar Mandi)

Dulu, sih, di awal pernikahan, suasana bercinta Anda dan pasangan jelas sedang hot-hotnya. Tapi seiring berjalannya waktu, bermesraan dengan pasangan seakan bukan yang utama, karena banyaknya kesibukan yang menyita perhatian.

Nah, agar suasana kembali mesra, mulailah dengan mendekorasi kamar tidur Anda. Simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Tambahkan lampu kamar

Jika selama ini kamar Anda hanya menggunakan satu lampu, yaitu lampu LED putih yang cukup terang, kali ini tambahkan lampu temaram.

Pilih lampu LED berbohlam mungil warna kuning yang tak terlalu terang sehingga meski lampu dinyalakan, Anda tetap bisa tidur. Sebar lampu di sudut ruangan untuk memberikan kesan romantis.

2. Tambahkan bantal

Sebelum sesi bercinta dimulai, Anda bisa melakukan perang bantal atau pillow talk seru sambil memeluk bantal-bantal.

Jangan puas dengan hanya dua buah bantal tipis di atas ranjang. Yuk, perbanyak bantal yang nyaman di atas ranjang Anda. Anda bisa memilih bantal dengan sarung dengan berbagai warna yang cerah agar suasana ranjang lebih ramai.

Sebelum sesi bercinta dimulai, Anda bisa melakukan perang bantal atau pillow talk seru sambil memeluk bantal-bantal.

3. Singkirkan barang yang tidak berhubungan dengan tidur

Buku-buku pun sebaiknya ada di luar kamar, begitu juga dengan pakaian yang baru disetrika dan aksesori Anda.

Jangan terbiasa menyimpan barang yang tidak ada hubungannya dengan tidur di dalam kamar, termasuk tas kerja Anda. Simpanlah tas kerja di meja kerja yang terletak di luar kamar.

Buku-buku pun sebaiknya ada di luar kamar, begitu juga dengan pakaian yang baru disetrika dan aksesori Anda—masukkan seluruhnya ke dalam lemari—sehingga kamar tampak rapi dan bersih.

4. Gunakan pengharum ruangan

Ibaratnya kamar adalah Anda, sehingga Anda pun menggunakan aroma yang Anda sukai untuk diletakkan di kamar.

Memilih pengharum ruangan juga jangan sembarangan. Jika Anda memilih aroma citrus, apel, atau pinus, bisa-bisa kamar malah aromanya seperti mobil atau bis antarkota. Gunakan pengharum ruangan yang lembut seperti vanila, karamel, atau lavender.

Ibaratnya kamar adalah Anda, sehingga Anda pun menggunakan aroma yang Anda sukai untuk diletakkan di kamar. Pengharum ruangan berbentuk lilin memiliki aroma yang lembut dan menenangkan pikiran.

5. Tambahkan barang personal

Gunakan baju seksi yang dibelikan pasangan, atau mandilah (sebelum bercinta) dengan sabun yang Anda gunakan saat bulan madu.

Keluarkan barang yang mengingatkan Anda pada pasangan terutama saat meewatkan momen romantis.

(Simak juga: Pilihan rumah dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Misalnya, letakkan foto saat liburan berdua di atas meja, lalu nyalakan musik favorit berdua, gunakan baju seksi yang dibelikan pasangan, atau mandilah (sebelum bercinta) dengan sabun yang Anda gunakan saat bulan madu.

Gunanya agar mengingatkan Anda berdua kemesraan saat menjadi pengantin baru.

6. Tambahkan unsur pink

Warna pink bisa Anda gunakan pada selimut, lingerie yang dipakai, bantal, atau helai bunga mawar yang sengaja di sebar di atas ranjang.

Harus diakui, pink memberikan kesan romantis, hangat, sekaligus menambah gairah Anda. Warna pink bisa Anda gunakan pada selimut, lingerie yang dipakai, bantal, atau helai bunga mawar yang sengaja di sebar di atas ranjang.

Foto: Pinterest

Rina Susanto

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Gerbang Tol Cimanggis Utama dan Cibubur Utama Ditutup

Posted: 06 Sep 2017 10:08 PM PDT

Melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 692/KPTS/M/2017, PT Jasa Marga memberlakukan sejumlah skema transaksi baru untuk Tol Jagorawi. Selain itu, dua gerbang tol juga akan ditiadakan.

"Transaksi tol di Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama dan GT Cibubur Utama ditiadakan," demikian tulis rilis pers Jasa Marga, dikutip Kamis (7/9/2017). Penutupan gerbang tol di dua tempat itu bersamaan dengan penerapan skema transaksi baru, Jumat (8/9) nanti.

Lantas apa alasan penutupan ini? Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), mengatakan bahwa dua tol ini adalah simpul kepadatan, yang selama ini berimplikasi kepada kemacetan Tol Jagorawi secara umum. Harapannya dengan itu kemacetan bisa terurai.

"Transakasi lebih mudah kemudian kemacetan di gerbang Cibubur dan Cimanggis yang terjadi sehari-hari bisa dihilangkan," ujar dia.

Sementara Desi Aryani, Direktur Utama PT Jasa Marga, mengatakan dengan penghilangkan dua gerbang tol ini sistem terbuka dimungkinkan. ‎"Jadi pembayaran dari Jakarta ke Ciawi dibayar saat keluar, dari Ciawi Ke Jakarta hanya saat bayar saat masuk, sehingga tidak ada penghambat di tengah,‎" kata Desi, di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jadi harapannya, simpul kepadatan di dua pintu ini bisa hilang, dan sebagai gantinya lalu lintas terdistribusi di beberapa titik.

Penghilangan gerbang tol seperti ini sebetulnya bukan kali pertama dilakukan Jasa Marga. April kemarin, Gerbang Tol Karang Tengah dihilangkan di tol ruas Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak Segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa.

Simak juga video menarik di bawah ini:

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan akan mengubah sistem transaksi di Jalan Tol Jagorawi, berlaku mulai Jumat, 8 September 2017, pukul 00.00. Skema ini ditetapkan melalui SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 692/KPTS/M/2017.

Dalam rilis pers yang diterima Liputan6.com, disebutkan bahwa sistem transaksi berubah menjadi Sistem Transaksi Terbuka dengan sistem pentarifan tol merata dari ruas Cawang sampai dengan Bogor/Ciawi.

Sebagaimana diketahui para pengguna Tol Jagorawi, sebelumnya sistem transaksi yang diberlakukan saat ini campuran, antara Sistem Transaksi Terbuka dan Tertutup.

Sistem Transaksi Terbuka, dengan pentarifan tol merata, diberlakukan di ruas Cawang-Taman Mini/Dukuh. Sementara Sistem Transaksi Tertutup, dengan sistem pentarifan tol proporsional (sesuai jarak) diberlakukan di ruas Simpang Susun Cimanggis sampai dengan Bogor/Ciawi.

Adapun penetapan tarif baru sebagai berikut: Gol I Rp 6.500, Gol II Rp 9.500, Gol III Rp 13.000, Gol IV Rp 16.000, Gol V Rp 19.500. Sebagai pembanding, pada skema lama, Gol I harus membayar Rp 8.500, Gol II Rp 11.000, Gol III Rp 15.000, Gol IV Rp 19.999, dan Gol V Rp 22.500.

Untuk mempercepat proses transaksi pembayaran, pengguna jalan tol diimbau untuk menggunakan uang elektronik. Pembayaran dapat dilakukan dengan e-Toll, e-Money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), TapCash (BNI), dan Blink (BTN), pada seluruh gerbang tol.

Pihak Jasa Marga sendiri akan melakukan penjualan uang elektronik secara rutin di seluruh gerbang tol. Mereka juga menyiapkan proses isi ulang (top up) secara tunai di dalam gardu yang dapat dilakukan pada GT Cibubur 1 (gardu 2) dan GT Cibubur 2 (gardu 9).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tujuh Provinsi Sepakat Terapkan Sistem Samsat Elektronik

Posted: 06 Sep 2017 10:06 PM PDT

Tujuh Provinsi telah menyetujui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) secara online. Nantinya Samsat online (e-Samsat) ini akan mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor, Asuransi Jasa Raharja, dan pengesahan STNK Tahunan.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan dalam penerapan sistem e-Samsat ini pihaknya juga menggandeng sejumlah bank swasta dan negeri. Hal ini guna mempermudah penggunaan transaksi elektronik untuk pembayaran pajak lewat e-Samsat.

"Ini salah satu upaya Polri dan pembina Samsat lainnya dan pihak perbankan dalam rangka mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat," kata Royke dalam acara penandatanganan MoU tentang e-Samsat di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Tujuh Provinsi yang sudah sepakat bekerjasama menerapan sistem e-Samsat ini adalah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali. Nantinya e-Samsat ini akan mulai diberlakukan pada Oktober 2017 mendatang.

"Saat ini pelayanan samsat online kepada masyarakat telah terintegrasi dan terpusat di Korlantas Polri dengan samsat di tujuh provinsi," ucap Royke.

Royke berharap, tujuh provinsi yang nantinya menerapkan sistem e-Samsat dapat menjadi role model bagi daerah lain. Sehingga nantinya sistem e-Samsat bisa diberlakukan di seluruh Indonesia.

"Kami lakukan dengan memanfaatkan sistem aplikasi dari masing-masing provinsi sehingga pembayaran PKB dan lain-lain dapat dilakukan di mana saja. Kan selama ini pembayaran tersebut dilakukan secara offline. Pada masing-masing samsat setempat," terang Royke.

Dalam acara ini, pihak Korlantas Polri, Jasa Raharja, perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) tujuh pronvinsi, dan beberapa bank swasta dan negeri menandatangani nota kesepahaman atau MoU serta perjanjian kerjasama samsat online.

Telkomsel bersinergi dengan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dalam menghadirkan pengembangan inovasi pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui ATM di sejumlah mitra bank.

Dalam hal ini, Telkomsel ditunjuk menjadi mitra resmi penyedia nomor kontak utama layanan e-Samsat dalam memberikan informasi rinci terkait kewajiban bayar pajak kendaraan.

Dalam keterangan resminya, Rabu (10/5/2017), General Sales Regional Jawa Barat Telkomsel Agustiyono mengatakan sinergi ini akan mempermudah pengguna kendaraan bermotor karena mereka tak perlu melakukan konfirmasi ke kantor Samsat Jawa Barat.

"Telkomsel berkomitmen menghadirkan solusi layanan mobile terpadu untuk kebutuhan sistem komunikasi instansi, stakeholder, dan pelanggan korporasi. Dalam hal ini, mengoptimalkan layanan broadband dan digital untuk memperkuat kebutuhan instasi Pemerintah Daerah demi terbentuknya ekosistem smart city di Jawa Barat," ungkap Agustiyono.

Untuk menggunakan layanan ini, pengguna kendaraan tinggal mengirimkan pesan singkat (SMS) ke 0811-211-9211 dengan format sebagai berikut: esamsat (spasi)nomor rangka (spasi) nomor KTP.

Kemudian, pelanggan akan menerima SMS balasan langsung dari Telkomsel yang berisi konfirmasi data kendaraan dan rincian jumlah pajak yang harus dibayarkan sesuai data pemilik kendaraan di server Samsat Jawa Barat.

Setelah itu, pelanggan akan mendapatkan 16 digit kode bayar (tertulis KD BYR) pada SMS balasan. Kode ini akan dipakai untuk transaksi pembayaran di ATM bank BJB, BNI, BRI, dan BCA.

Adapun struk pembayaran ATM dapat menjadi bukti pembayaran yang sah. Jika diperlukan untuk legalitas lebih resmi, struk tersebut dapat dibawa ke Samsat dan bukti pembayaran pajak di STNK dicetak tanpa pungutan biaya tambahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemuka Agama Buddha Banyumas Kutuk Tragedi Kemanusiaan Rohingya

Posted: 06 Sep 2017 10:02 PM PDT

Tokoh agama Buddha asal Banyumas, Bante Parjha Nafaro mengutuk kekerasan yang dilakukan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya. Menurut dia, kekerasan itu telah menjurus pada krisis kemanusiaan yang harus diakhiri.

Bante mengungkapkan kekerasan yang berujung pada tragedi kemanusiaan itu tidak sesuai dengan ajaran Buddha yang selalu berlandaskan kedamaian.

"Kita semua mengutuk keras, dan tidak dibenarkan. Merupakan suatu pelanggaran bagi ajaran damai yang menganut spiritual Buddhist," katanya, dalam pernyataan bersama tokoh lintas agama di Banyumas, Rabu, 6 September 2017.

Ia meminta agar umat beragama di Banyumas tidak terpengaruh dengan berita tidak benar atau hoax yang menyebut tragedi kemanusiaan di Myanmar akibat konflik agama. Sebab, menurut dia, pemicu konflik itu harus dilihat secara menyeluruh, seperti motif ekonomi dan politik.

Dia juga mengajak umat beragama untuk melayangkan protes ke Kedutaan Besar Myanmar agar krisis itu segera diakhiri. Sebagai aksi nyata, dia mengajak seluruh umat beragama di Banyumas untuk menggalang dana untuk krisis kemanusiaan yang terjadi Myanmar.

"Mari kita menggalang dana untuk ribuan etnis Rohingya, yang saat berada di pengungsian, maupun yang masih bertahan di Myanmar," ucapnya.

Sementara, tokoh agama Kristen, Pendeta Daniel meminta seluruh pihak melihat persoalan ini secara jernih. Senada dengan Bante Parjha Nafaro, Daniel yakin kekerasan yang terjadi di Rohingya tak bermotif agama karena ia meyakini seluruh agama di dunia mengajarkan kasih sayang dan perdamaian.  

Ia juga mengajak agar seluruh umat beragama mendoakan agar korban dikuatkan. Sementara, pelaku kekerasan segera disadarkan.

"Berdoa khusus untuk suku Rohingya yang terluka supaya diberi kekuatan, tabah dan tidak membalas. Dan bagi pihak yang melukai, atau membunuh, atau membuat suku Rohingya terluka dan bahkan semua orang terluka segera menghentikannya," ujar Daniel.

Selain Bante dan Daniel, pernyataan sikap bersama pemuka lintas agama Banyumas juga dihadiri oleh tokoh agama Islam, Katolik, Hindu, dan sejumlah tokoh masyarakat lainnya. Dalam dialog lintas agama itu, mereka bersepakat bahwa konflik yang terjadi di Myanmar bukan konflik agama.

Para tokoh agama juga menyatakan bahwa langkah diplomasi yang dilakukan pemerintah Indonesia sudah tepat. Pendekatan secara bilateral itu menjamin tidak terjadinya konfrontasi antara Myanmar dengan Indonesia yang justru bisa mengakibatkan krisis berkepanjangan, terutama pada kaum minoritas Rohingya.

"Terkait upaya diplomasi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, sudah sesuai sehingga mendukung langkah-langkah diplomasi pemerintahan Jokowi-JK. Dengan harapan bisa menyelesaikan krisis kemanusian ini," ujar Daniel.



Personel kepolisan mengawal orasi Massa Aksi solidaritas Rohingya di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/9). Selain itu, massa juga mendesak agar penghargaan nobel perdamaian kepada Aung San Suu Kyi dicabut. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara itu, ajak aksi Bela Rohingya di Candi Borobudur pada 8 September 2017 ditolak keluarga besar Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Kalijaga Gesikan Bantul.

Beny Susanto, pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga mengatakan pihaknya menolak ajakan aksi tersebut sesuai dengan arahan Ketua Umum PBNU Said Aqil Sirodj yang menyebut aksi di Borobudur salah alamat. Meski begitu, ia menyatakan kasus Rohingya di Myanmar merupakan tindakan biadab yang mencederai nilai-nilai kemanusiaan dan agama yang harus segera dihentikan.

"Sebagaimana dilakukan berbagai pesantren, kaum muslimin di berbagai masjid, aksi yang lebih diutamakan adalah penggalangan dana, bantuan, membaca qunut nazilah, sholawat dan mendorong, memantau langkah politik-diplomatis melalui pemerintah RI," ujarnya, Rabu, 6 September 2017.

Beny mengatakan pemerintah Indonesia sudah berupaya maksimal dalam kasus Rohingya. Upaya diplomatis dan politik pemerintah RI melalui Menlu Retno Marsudi menunjukkan komitmen pemerintah RI untuk memberikan solusi atas tragedi kemanusian di Myanmar.
   
"Di tengah situasi keprihatinan mendalam atas kezaliman yang menimpa etnis Rohingya, kaidah iDar ulmafaasid muqoddamun 'ala jalbil masholih' patut diperhatikan. Menolak berbagai kemungkinan yang berpotensi membawa kerusakan lebih didahulukan daripada mengambil potensi kebaikan yang mungkin terjadi"," ujarnya.

Terkait hal ini, ia mengajak seluruh kaum Muslim dan umat beragama lainnya di DIY agar menghindari aksi di Candi Borobudur Magelang. Ponpes Sunan Kalijaga juga mendukung langkah Polri yang tidak mengizinkan rencana aksi di sana sebagai langkah preventif yang tepat.

"Bukannya melarang aksi, tetapi demi kebaikan bersama dan kondusivitas bangsa Indonesia," kata Beny.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meikarta, Pusat Pendidikan Berkualitas

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Meikarta, proyek kota modern milik Lippo Group senilai Rp 278 triliun, ternyata tak hanya memiliki ribuan unit hunian vertikal dan beragam infrastruktur modern yang menonjol. Kota ini juga akan menjadi salah satu pusat pendidikan berkualitas di Indonesia.

Pengalaman Lippo Group dalam bidang pendidikan memang sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Hal ini mereka tunjukkan dalam menjadikan Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi salah satu universitas swasta berkualitas dan favorit di negeri ini hingga sekarang.

Kini, di proyek terbaru dan terbesarnya, Lippo Group akan kembali mendirikan berbagai institusi pendidikan. Lebih kurang 100 Sekolah Dasar (SD), 50 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan dibangun.

Beragam jenis sekolah, mulai dari sekolah umum, internasional, Islam, dan Kristen akan ada di sana. Selain itu, tiga universitas juga akan didirikan.

"Kami akan mengajak Universitas Indonesia dan ITB untuk membuka kampus cabang di sana," ujar CEO Lippo Group, James Riyadi.

Tak hanya itu, untuk semakin mendukung pendidikan para penghuninya, di Meikarta juga akan dibuka perpustakaan Nasional. Di sana, para penghuni bisa mencari ribuan buku lokal dan internasional. Perpustakaan ini juga bisa menjadi tempat siswa belajar kelompok.

Bagi para pelajar yang menyukai riset, mereka bisa menimba ilmu di pusat riset industri yang ada di Meikarta. Mereka tak perlu lagi pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk menuntut ilmu.

Lebih lanjut, warga Meikarta juga bisa mencari ilmu di pusat teknologi yang tergabung dalam Sillicon Valley Indonesia. Dengan adanya pusat pendidikan tersebut, nilai ekonomi kawasan ini pun semakin tinggi.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hotman Paris Siap Beri Ferrari, untuk Siapa?

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Video memberikan saweran kepada pedangdut di sebuah acara yang menyeret pengacara kondang Hotman Paris viral di media sosial sejak beberapa hari lalu. Hotman Paris disebut-sebut menyentuh tubuh si pedangdut saat menyawer.

Melalui sebuah program televisi, Hotman Paris pun mengklarifikasi video yang viral itu sebagai perbuatan fitnah untuk menjatuhkan nama baiknya sebagai seorang pengacara terkenal.

"Memang ada acara itu (saweran). Tapi tidak ada video itu yang (saya) menyentuh tubuh wanita. Makanya saya bilang, kalau ada yang bisa buktikan bagian sensitif wanita yang disentuh, atau ada saksi mata, saya kasih Lamborghini atau Ferrari juga ada saya semua," kata Hotman Paris Hutapea usai acara di televisi, di Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2017).

Demi mengembalikan nama baiknya, Hotman Paris bahkan berani bertaruh kepada siapa pun yang bisa membuktikan dirinya melakukan hal tak senonoh kepada perempuan yang ada di video itu.

"I'm not that damn stupid. Saya enggak bodoh. Ini acara keluarga, yang hadir banyak yang rambutnya putih, orang tua. Cuma karena dipotong-potong kelihatan saya waktu gini-gini (kibas-kibaskan uang), uangnya kan tetap melekat di jari saya. Dibilangnya dimasukin ke bagian apa gitu, loh. Bohong besar," Hotman Paris membantah. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Gesek Kartu Kredit di Mesin Kasir, Lapor ke Sini!

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Bank Indonesia (BI) melarang praktik penggesekan ganda pada transaksi nontunai, baik menggunakan kartu kredit maupun kartu debit. Jika ada pelanggaran, masyarakat selaku konsumen diminta untuk melapor ke BI untuk segera diambil tindakan.

"Kalau banyak alasan dari pedagang dan tetap di-swipe (gesek), laporkan ke BI, biar kita ambil tindakan," tegas Gubernur BI, Agus Martowardojo di Jakarta, seperti ditulis Kamis (7/9/2017).

Masyarakat dapat berperan aktif menghindari praktik penggesekan ganda atau selain di mesin Electronic Data Capture (EDC), yakni termasuk di mesin kasir. Caranya bila mengetahui atau mengalami praktik penggesekan ganda, masyarakat bisa lapor ke BI Contact Center (BICARA) 131 dengan menyebutkan nama pedagang dan nama bank pengelola yang dapat dilihat di stiker mesin EDC.

Agus lebih jauh mengatakan, apabila ada yang melanggar, bank atau mitra merchant harus segera mengambil tindakan tegas, antara lain menghentikan kerja sama dengan pedagang yang masih melakukan praktik penggesekan ganda. Apabila tidak ditindak, maka BI yang akan turun tangan.

"Kalau sampai hal itu (penggesekan ganda) masih terjadi, mitra merchant harus ambil tindakan. Jadi, kita minta ke banknya menindak atau BI yang akan mengambil tindakan. Itu perhatian BI untuk melindungi konsumen," tegas Mantan Menteri Keuangan itu.

 

Bank Indonesia (BI) meminta bank memutuskan kerja sama dengan merchant yang melanggar aturan larangan penggesekan ganda dalam transaksi nontunai, baik kartu kredit maupun kartu debit. BI mengimbau masyarakat melaporkan jika ada praktik penggesekan ganda.

Gubernur BI Agus Martowardojo menegaskan, konsumen berhak menolak jika kartu kredit atau kartu debitnya digesek dua kali baik di mesin Electronic Data Capture (EDC) maupun mesin kasir. Sebab, kartu hanya boleh digesek sekali di mesin EDC, dan tidak boleh dilakukan penggesekan lainnya, termasuk di mesin kasir.

"Oh iya, harus (menolak). Si pemegang kartu (konsumen) harus meyakini bahwa kalau sudah digesek di EDC, tidak boleh digesek lagi di mesin kasir karena itu bisa terjadi profil dan data pemegang kartu di-copy dalam mesin kasir," tegasnya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Menurutnya, salah satu kebocoran data nasabah karena terjadinya penggesekan dua kali dalam melakukan transaksi nontunai. "Kalau di-swipe (gesek) dua kali, profil tentang pemegang kartu bisa bocor," ujar Mantan Menteri Keuangan itu.

Agus lebih jauh mengatakan, apabila ada yang melanggar, bank atau mitra merchant harus segera mengambil tindakan tegas. Apabila tidak ditindak, maka BI yang akan turun tangan.

"Kalau sampai hal itu (penggesekan ganda) masih terjadi, mitra merchant harus ambil tindakan. Jadi, kita minta ke banknya menindak atau BI yang akan mengambil tindakan. Itu perhatian BI untuk melindungi konsumen," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Bola Akhir Pekan Ini

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Setelah libur selama sepakan akibat laga internasional, liga-liga top Eropa akan bergulir lagi akhir pekan ini. Partai seru langsung memanjakan pecinta bola di mana Liverpool akan bersua Manchester City. 

Pertemuan Liverpool dengan City pada lanjutan Liga Inggris ini rencananya akan digelar Sabtu (9/9/2017) mulai pukul 18.30 WIB. Bein Sports 1 akan menyiarkan duel big match ini.

Beberapa jam kemudian, giliran Chelsea dan Arsenal yang turun bertanding. Chelsea akan berhadapan dengan Leicester City, sedangkan Arsenal menjamu Bournemouth.

Adapun pemuncak klasemen Liga Inggris Manchester United (MU) bakal diuji oleh tuan rumah Stoke City pada Sabtu malam.

Sementara dari Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid juga turun bertanding di hari Sabtu. Barca harus berjumpa rival sekota Espanyol, sedangkan Madrid bertemu Levante.

 

ilustrasi

Jadwal Siaran Langsung Akhir Pekan Ini:

Sabtu 9 September 2017
02.00 WIB: Celta Vigo vs Alaves (Bein Sports 2)
15.00 WIB: Persib vs Semen Padang (tvone)
18.00 WIB: Real Madrid vs Levante (Bein Sports 2)
18.30 WIB: Liverpool vs Manchester City (Bein Sports 1)
21.00 WIB: Arsenal vs Bournemouth (Bein Sports 2)
21.00 WIB: Leicester vs Chelsea (Bein Sports 1)
21.00 WIB: Everton vs Tottenham (Bein Sports 3)
23.30 WIB: Stoke vs MU (Bein Sports 1)
23.30 WIB: Sevilla vs Eibar (Bein Sports 2)

Minggu 10 September 2017
01.45 WIB: Barcelona vs Espanyol (Bein Sports 2)
17.00 WIB: La Coruna vs Sociedad (Bein Sports 2)
19.30 WIB: Burnley vs Palace (Bein Sports 1)
21.15 WIB: Bilbao vs Girona (Bein Sports 2)
22.00 WIB: Swansea City vs Newcastle United (Bein Sports 1)
23.30 WIB: Leganes vs Levante (Bein Sports 2)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Rayakan Ulang Tahun ke-100 Sir John Cornforth, Siapa Dia?

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Google hari ini memajang doodle seorang pria berkaca mata di laman muka pencariannya. Dalam doodle tersebut, pria yang terlihat rapi dengan kemeja, dasi, dan jas itu disandingkan dengan berbagai peralatan laboratorium serta rumus kimia dan buku.

Rupanya, pria yang digambarkan dalam doodle itu bernama Sir John Cornforth yang hari ini merayakan ulang tahun ke-100. Siapa dia?

Mengutip penjelasan pada laman Google Doodle, Kamis (7/9/2017), Sir John Cornforth adalah seorang ahli kimia yang lahir di Sidney, Australia, 7 September 1917 alias 100 tahun lalu.

Dikisahkan, pada masa kecilnya Cornforth kehilangan pendengarannya. Lalu, pada usia yang ke-20, ia harus menghadapi kenyataan dirinya benar-benar tuli.

Meski begitu, ia tetap gemar belajar. Karena tidak bisa mendengar penjelasan dari dosen saat berkuliah di University of Sidney, Cornforth memutuskan untuk mempelajari kimia sendiri melalui buku teks.

Suatu hari di kampus, ia bertemu dengan rekannya yang juga ahli kimia, Rita Harradence yang memecahkan sebuah labu kimia di laboratorium. Harradence meminta Cornforth--yang pandai Kimia--untuk memperbaikinya.

Keduanya pun bermitra sekaligus menjalin kasih. Tahun 1939, keduanya mendapatkan beasiswa belajar di kampus Oxford dan menikah dua tahun kemudian. Kebersamaan keduanya juga membuahkan lebih dari 40 makalah ilmiah.

Sir John Conforth, ilmuan yang jadi Google Doodle hari ini (7/9/2017). (Sumber Foto: Famous People)

Di kampus barunya, Cornforth bergabung dengan tim yang mempelajari penisilin. Ia juga terus meneliti struktur tiga dimensi atau stereokimia dari berbagai reaksi kimia.

Pada tahun 1975, Cornforth menerima Nobel di bidang Kimia karena penelitian struktur tiga dimensi tersebut. Cornforth dan rekannya, Vladimir Prelog kembali mempelajari enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Hasil penelitian ini berhasil membuka pintu bagi banyak penemuan, misalnya dalam pengembangan obat penurun kolesterol.

Karena karyanya memberikan banyak manfaat kepada jutaan manusia di dunia, Google pun turut merayakan ulang tahun ke-100 Cornforth melalui Google Doodle hari ini. Ia meninggal dunia di Britania Raya, 8 Desember 2012. Selain nobel di bidang kimia, ia juga mendapat beberapa penghargaan seperti Medali Copley, Medali Royal, dan Corday-Morgan Prize.

(Tin/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Seringnya Menggunakan Makeup

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Untuk para wanita, makeup merupakan salah satu kebutuhan wajib yang perlu diperhatikan. Bisa dikatakan setiap hari kita menggunakan makeup, entah hanya daily makeup ataupun full makeup. Namun, masih banyak wanita yang belum mengetahui bahaya dari mengaplikasikan makeup setiap hari, dilansir dari Dailymail.co.uk, Kamis (7/9/2017)

Bahan kosmetik yang sering digunakan, ternyata dapat memberikan dampak yang berbahaya. Makeup memiliki risiko terkena berbagai penyakit, karena mengandung bahan kimia beracun. Hal fatal yang terjadi adalah dapat meningkatkan risiko kematian dan kanker kulit. Banyak bahan makeup yang telah diuji dan terbukti menyebabkan kanker. Untuk itu Anda harus bijak dalam memilih makeup yang ingin digunakan. 

Warna tar batubara, phenylenediamine, benzene dan bahkan formaldehida adalah beberapa racun yang biasa ditemukan pada sampo, krim kulit dan produk makeup. Bila zat ini terus terpapar pada kulit Anda, dapat menurunkan kekebalan dan menyebabkan kerusakan neurologis dan reproduksi. Bukan hanya itu saja, penuaan dini juga dapat terjadi pada Anda. Pengaplikasian yang tidak benar serta bahan kimia berbahaya dapat membuat kulit cepat keriput. 

Tidak jarang terdapat kandungan alumunium dalam lipstik yang dapat menyebabkan anemia dan intolerasi glukosa. Kandungan lainnya seperti zinc oksida, BHA, barium sulfat juga akan menyebabkan gagal organ tubuh seperti liver dan ginjal, bila penggunaan terlalu banyak. Untuk itu, berhati-hati saat Anda sedang mengonsumsi makanan, jangan sampai lipstik atau pelembap bibir ikut tertelan. 

Ada juga kosmetik yang kadar kimianya ringan. Untuk itu jangan sembarang dalam membeli kosmetik tanpa membaca bahan yang terkandung di dalamnya. Kosmetik murah bukan sebagai jaminan, pilihlah kosmetik yang terpercaya dan ramah lingkungan.

Fellisia

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Alasan Bertahan Setelah Perselingkuhan

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Perselingkuhan, bagi hampir semua orang bukan hanya persoalan hilangnya kepercayaan pada pasangan, tapi juga hilangnya harga diri bagi yang terluka. Sebegitu dalamnya pengaruh perselingkuhan, sehingga dapat membawa beragam problema psikologis bagi kedua belah pihak. Mulai dari munculnya rasa rendah diri, depresi, amarah tak terkendali bagi korban dan perasaan bersalah bagi pelaku.

Beberapa orang tanpa pikir panjang akan segera mengakhiri hubungan saat terjadi perselingkuhan. Namun, sebagian orang memilih untuk tetap bertahan. Apa alasan di balik keputusan tersebut?

Perselingkuhan bukan berarti Pernikahan Anda Buruk

Tidak dapat dipungkiri, perselingkuhan dapat terjadi karena salah satu pasangan memang tipikal penggoda yang sengaja mempunyai pasangan lain. Namun di sisi lain perselingkuhan juga bisa terjadi karena beragam hal yang "tidak disengaja".

Artinya, perselingkuhan bisa terjadi "hanya" karena pasangan Anda terlalu pemalu untuk mengungkapkan kesukaannya, misalnya gaya bercinta. Padahal di hal-hal lainnya, pasangan Anda merasa nyaman dengan Anda, dan tidak berniat menggantikan posisi Anda dengan yang lain.

Komitmen untuk tidak membangun relasi berdasarkan korban dan pelaku

Baiklah, pasangan Anda selingkuh, dan Anda bersedia menerimanya kembali. Namun, bukan berarti Anda berhak untuk terus mengungkit perselingkuhannya terus menerus. Bukan berarti pula apapun yang pasangan Anda lakukan selalu salah, dan Anda selalu benar, karena Anda adalah sang korban.

Mengungkit apa yang sudah terjadi tidak akan menyembuhkan luka Anda, namun malah memperburuk hubungan yang sedang Anda jalin kembali.

 

Komunikasi yang transparan.

Komitmen pasangan yang berselingkuh untuk berbicara terbuka

Saat korban sangat terluka, pelaku harus membuka hati yang sebesar-besarnya dan waktu sebanyak-banyaknya untuk terus mendengarkan curahan hati korban. Karena dengan mendengarkan, sebenarnya korban sedikit demi sedikit membangun kepercayaan kembali pada pelaku.

Di sisi lain, pelaku juga perlu terus menerus memberikan empati akibat luka yang sudah ia perbuat. Bila memang diperlukan, lakukan konseling karena percakapan ini memang memerlukan suatu dialog yang sehat tanpa tuduhan, amarah, sakit, ataupun luapan emosi negatif lainnya.

Komitmen pasangan yang berselingkuh untuk lebih transparan ke depannya

Pelaku berjanji bahwa di masa yang akan datang, ia akan selalu terbuka pada korban. Tidak ada lagi password di email atau telepon atau rapat rahasia dan sebagainya. Namun di sisi lain, korban juga membuka hati bahwa tindakan prefentif apapun tidak akan bisa menjanjikan apapun. Ia hanya perlu mulai percaya kembali pada pasangannya, walaupun sulit. (Lilin Rosa Santi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meikarta Apartemen Murah Dengan Segudang Fasilitas

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Kehadiran kota baru bernama Meikarta menjadi daya tarik yang luar biasa bagi masyarakat, khususnya warga Cikarang. Meikarta digadang-gadang menjadi pusat perekonomian Indonesia baru dan "Jakarta Baru". Bukan tanpa alasan, Meikarta berada di tengah kawasan industri modern.

Tercatat tujuh kawasan industri sudah mejeng di Cikarang antara lain kawasan industri MM2100, Delta Silicon I, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II, dan Delta Silicon II. Kawasan industri di kota Delta Mas dan Delta Silicon II yang berada di bawah grup Lippo.

Meikarta juga berpotensi mengurangi beban Bandung karena kawasan ini nantinya akan dilewati kereta cepat Jakarta-Bandung, kereta layang LRT dan MRT, pelabuhan laut dalam Patimban, bandara Internasional Kertajati dan toll Jakarta – Cikampek elevated.

Di sisi lain perencanaan Meikarta sebagai kota baru bukan sekadar kawasan perekonomian, melainkan juga sebagai kawasan pemukiman. Lahirnya kota baru Meikarta diharapkan mampu mengurangi beban lalu lintas transportasi Jakarta dan sekitarnya.

Konsep kota baru Meikarta ini akan membuat perubahan besar, nantinya ada sebagian kegiatan yang dialihkan dari Jakarta ke Meikarta. Orang tidak akan bolak-balik menempuh jarak terlalu jauh karena di fasilitas di Meikarta sudah lengkap mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat bisnis, hotel berbintang hingga rencana Pusat Riset Industri dan Indonesia Silicon Valley.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita Ini Melayang 9 Jam dengan 20.000 Balon Helium, untuk Apa?

Posted: 06 Sep 2017 10:00 PM PDT

Noemi Lakmaier melayang selama sembilan jam pada hari Minggu di Sydney Opera House, Australia. Dibutuhkan 20.000 balon helium untuk mengangkat seniman tersebut, yang mengingatkan kita pada film Pixar "Up".

Pertunjukan tidak biasa ini merupakan bagian dari festival Antidote yang disebut Cherophobia atau "fear of happiness." Menurut situs milik Lakmaier, tema karyanya bertujuan untuk menekankan dan melebihkan hubungan antara objek, individu, dan ruang.

"Kita semua ingin hidup bahagia, kan?" ujar Lakmaier kepada ABC News.

Rangkaian balon warna-warni yang mengangkat Lakmaier ini berawal dari pengalamannya sebagai seseorang yang memiliki cacat fisik.

"Saya sangat takut menyerah," kata perempuan yang menggunakan kursi roda ini.

Sebelumnya, Lakmaier sempat melakukan hal serupa di London pada 2016 dan bertahan selama 48 jam.

Penulis

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Jokowi Lari Pagi Bersama PM Singapura Lee

Posted: 06 Sep 2017 09:58 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengisi kunjungan kerja dengan lari pagi bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Kegiatan santai ini dilakukan di Singapura Botanical Garden.

Jokowi dan Iriana tiba di lokasi sekira pukul 07.45 waktu setempat. Keduanya tampak serasi dengan jaket merah dan celana olahraga putih. Jokowi tampak berbeda dengan sepatu Nike merah.

Tiba di Botanical Garden, Jokowi disambut PM Lee dan ibu Ho Ching. PM Lee mengenakan kaus berkerah biru, sedangkan sang istri mengenakan pakaian bernuansa kuning hijau.

Mereka kemudian berkeliling taman. Sesekali, Jokowi dan Lee berswafoto dan menyiram tanaman yang ada di taman itu.

Perjalanan mereka berlanjut menuju lokasi penanaman pohon. Sepanjang perjalanan, keduanya tampak asyik berbincang.

Setibanya di sana, Jokowi dan PM Lee langsung menanam pohon palem sunda oak mempening, pasang batu di salah satu sudut yang ada di Singapore Botanic Garden. Sementara kedua Ibu Negara turut menyaksikan prosesi penanaman pohon tersebut.

Saksikan video menarik di bawah ini:


Kegiatan pagi ini diakhiri dengan jamuan santap pagi bersama yang digelar di restoran yang berada di kawasan itu. Setelahnya, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan formal dengan PM Lee di Istana Kepresidenan Singapura.

Jokowi dijadwalkan menghadiri acara peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Singapura. 

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan Jakarta-Singapura, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Singapura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Pejabat Eselon II yang Dilantik Djarot Siang Ini

Posted: 06 Sep 2017 09:52 PM PDT

Menjelang akhir masa jabatannya, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kembali melakukan perombakan di jajaran PNS eselon II, III, IV.

Menurut Djarot, pejabat eselon II atau setingkat kepala Dinas tidak ada yang mengalami demosi atau penurunan jabatan. Pelantikan yang berlangsung pukul 11.00 WIB tersebut untuk mengisi jabatan yang kosong akibat ditinggal pensiun atau karena tersandung masalah hukum.

"Dalam rangka mengisi jabatan beberapa pejabat yang masuk rutan dan beberapa yang masuk usia pensiun, jadi jabatannya sudah agak lama kosong harus diisi karena penting, total semua jumlahnya 174 kalau enggak salah," kata Djarot, Kamis (7/9/2017).

Berikut daftar dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) eselon II yang akan dilantik Djarot siang hari ini:

1. Catur Laswanto dilantik sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan jadi Asisten Sekretariat Provinsi DKI Bidang Kesejahteraan Rakyat

2. Eldi Andi dilantik sebagai Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata gantikan Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Barat, Asril Marzuki

3. Michael Rolandi Cesnand Brata yang sebelumnya sebagai Wakil Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta, menjadi Kepala BPAD DKI Jakarta.

4. Busrol Amin yang sebelumnya sebagai Asisten Deputi Gubernur Bidang Perindustrian dilantik menjadi Asisten Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Pariwisata.

5. Wahyu Haryadi yang menjabat Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI dilantik menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Total ada 176 orang yang dilantik Djarot Saiful Hidayat. Eselon II sebanyak lima orang, lalu Eselon III ada 47 orang, dan Eselon IV sebanyak 124 orang.

Mantan Wali Kota Blitar itu lantas menjelaskan alasan mengapa pelantikan dilakukan di akhir masa jabatannya.

"Kalau enggak sekarang berartikan kosongnya lama banget, artinya kekosongan jabatan," ucap Djarot.

Beberapa kursi eselon II yang kosong adalah Asisten Sekda Bidang Kesra Fatahillah yang terkena kasus korupsi. Kursi eselon II yang juga kosong adalah kursi Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) yang ditinggal Heru Budi Hartono yang kini menjadi Kepala Sekretariat Presiden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Keren, Jepang Bikin Robot Serigala Penjaga Ladang Petani

Posted: 06 Sep 2017 09:50 PM PDT

Robot Super Robot Wolf berdiri di sebuah sawah saat diperkenalkan di Kisarazu, prefektur Chiba, Jepang, 25 Agustus 2017. Robot berteknologi inframerah ini memiliki kemampuan pendeteksian hewan liar yang mendekati jarak tertentu. (Toru YAMANAKA/AFP)

Robot Super Robot Wolf berdiri di sebuah sawah saat diperkenalkan di Kisarazu, prefektur Chiba, Jepang, 25 Agustus 2017. Robot berteknologi inframerah ini memiliki kemampuan pendeteksian hewan liar yang mendekati jarak tertentu. (Toru YAMANAKA/AFP)

Chikao Umezawa, Ketua Asosiasi Koperasi Pertanian JA Kisarazu-shi, menunjukkan robot Super Monster Wolf di Kisarazu, prefektur Chiba, Jepang, 25 Agustus 2017. Robot serigala ini berhasil dikembangkan oleh Hokkaido Ohta Seiki. (Toru YAMANAKA/AFP)

Chikao Umezawa, Ketua Asosiasi Koperasi Pertanian JA Kisarazu-shi, menunjukkan robot Super Monster Wolf di Kisarazu, prefektur Chiba, Jepang, 25 Agustus 2017. Robot serigala ini berhasil dikembangkan oleh Hokkaido Ohta Seiki. (Toru YAMANAKA/AFP)

Robot Super Robot Wolf berdiri di sebuah sawah saat diperkenalkan di Kisarazu, prefektur Chiba, Jepang, 25 Agustus 2017. Robot yang rencananya akan diluncurkan pada September mendatang ini dijual dengan harga sekitar Rp25 juta rupiah. (Toru YAMANAKA/AFP)

Robot Super Robot Wolf berdiri di sebuah sawah saat diperkenalkan di Kisarazu, prefektur Chiba, Jepang, 25 Agustus 2017. Robot yang rencananya akan diluncurkan pada September mendatang ini dijual dengan harga sekitar Rp25 juta rupiah. (Toru YAMANAKA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerai, Tiara Dewi Ingin Buka Aib Lucky Hakim?

Posted: 06 Sep 2017 09:50 PM PDT

‎Pernikahan kilat Lucky Hakim dan Tiara Dewi berujung di pengadilan. Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan mengabulkan permohonan talak cerai Lucky Hakim terhadap Tiara Dewi.

Usai bercerai, Tiara Dewi tak ingin membahas lagi soal masalah rumah tangganya dengan Lucky Hakim. Wanita 29 tahun itu juga enggan mengungkap aib yang dimiliki Lucky Hakim selama menikah dengannya.

"Saya lebih menutup diri karena aib rumah tangga tidak boleh dikoarkan. Apalagi itu aib sendiri. Aib saya dan Mas Lucky hanya antara kami berdua saja yang tahu. Tidak ada kapasitas saya untuk menjelekkan Mas Lucky," ujar Tiara Dewi di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (6/9/2017).

"Saya tak ingin ada pembelaan, 'Saya baik, loh'. Cukup Allah yang tahu siapa saya. Saya cukup berdoa semoga jadi manusia yang istikamah," tuturnya.

Selain itu, Tiara Dewi menjamin hubungannya dengan Lucky Hakim usai perceraian akan tetap terjalin baik. Meski tak seintim dulu, penyanyi yang dijuluki Syahrini KW ini ‎akan selalu menjalin silaturahmi dengan mantan suaminya tersebut.

"Komunikasi memang berkurang dan enggak seperti biasanya. Tapi dalam perceraian, saya ingin semuanya baik-baik. Karena awalnya baik, agama pun mengajarkan tidak memutus silaturahmi. Pokoknya silaturahmi harus terus berjalan karena ini pilihan hidup saya menikah dengan Beliau. Baik-buruknya harus saya jalani," ia menandaskan. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Bertekad Bekukan Aset Kim Jong-un

Posted: 06 Sep 2017 09:48 PM PDT

Krisis di Semenanjung Korea hingga kini belum menampakkan tanda-tanda akan usai. Meski belakangan mereda, tak ada yang tahu kapan Pyongyang akan kembali berulah. Korea Utara terus menutup telinga, meski segala kecaman datang dari segala penjuru. Mereka tak peduli apa kata dunia. 

Setelah membuat dunia geram atas misil yang melewati langit Jepang pada 29 Agustus lalu, Korea Utara unjuk gigi dengan uji coba yang mereka klaim sebagai bom hidrogen.

Tak cukup sanksi dari Dewan Keamanan PBB, Amerika Serikat kini mencoba mencari jalan untuk memperberat hukuman baru bagi Korea Utara, termasuk larangan pembelian minyak dan membekukan aset Kim Jong-un.

Dikutip dari BBC, Kamis (7/9/2017), keinginan AS tertera dalam draf resolusi PBB yang merespons uji coba nuklir terbaru. Rancangan itu kini tengah digodok dan kemungkinan akan disetujui oleh anggota Dewan Keamanan PBB.

Rancangan itu termasuk larangan menyuplai produk-produk minyak ke Korea Utara dan membeli ekspor tekstil negara itu.

Aset Kim Jong-un juga akan dibekukan. Pemimpin muda itu juga dilarang bepergian ke luar negeri.

Sanksi terbaru itu, jika disetujui, merupakan yang terberat yang akan diterima Korea Utara setelah uji coba terbaru yang diklaim lebih canggih.

Korea Utara mengklaim berhasil mengembangkan bom hidrogen yang bisa dimasukkan ke hulu ledak rudal yang bisa diluncurkan antar-benua. 

Tak jelas apakah permintaan terakhir AS itu didukung oleh Rusia atau China. Dua negara itu sejauh ini menunjukkan keraguannya bahwa sanksi lebih keras akan meluluhkan Korea Utara.

Baik China maupun Rusia adalah negara pemasok minyak ke Korea Utara. Keduanya juga memiliki hak veto di Dewan Keamanan.

Langkah selanjutnya dalam rancangan resolusi tersebut adalah melarang perekrutan buruh Korea Utara di luar negeri. Pendapatan buruh migran dan ekspor tekstil diyakini merupakan sumber pendapatan Korut yang tak kalah penting.

Dubes AS untuk PBB menginginkan agar Dewan Keamanan mengesahkan resolusi itu pada Senin depan. Namun, ada kemungkinan permintaan itu akan ditolak anggota Dewan Keamanan lain. 

Presiden Rusia Vladimir Putin berpendapat, sanksi lebih lanjut untuk Korut bukanlah jawaban atas konflik yang terjadi belakangan. 

"Sanksi tidak layak diberikan di tengah situasi emosional dan menyudutkan Korea Utara," katanya.

Sementara itu, China telah lama menjadi sekutu utama Korea Utara. Namun, sama seperti Rusia, Beijing mendukung sanksi sebelumnya terhadap Pyongyang, sebagai hukuman atas uji coba rudal Korut.

Pada Agustus, Beijing menuruti resolusi DK PBB dengan melarang ekspor mineral dari batu bara, yang diperkirakan merugikan Korea Utara US$ 767 juta atau sekitar sepertiga dari pendapatan ekspornya.

 

 

Dalam pertemuan DK PBB awal pekan ini, utusan AS untuk PBB, Nikki Haley mengatakan, 20 tahun peningkatan sanksi ternyata tak menghentikan program nuklir Pyongyang.

"Sudah cukup. Waktunya telah tiba untuk menghabiskan seluruh sarana diplomatik sebelum terlambat," ujar Haley. Ia menambahkan, berbagai sanksi yang dijatuhkan ke Korut sejak 2006 tidak bekerja seperti dikutip dari The Guardian.

Selain itu, Haley mengatakan, "Ancaman penggunaan rudal dan nuklirnya menunjukkan bahwa ia mengemis untuk perang. Perang bukanlah sesuatu yang diinginkan Amerika Serikat. Kami tidak menginginkannya sekarang. Kesabaran negara kami tidak terbatas. Kami akan membela sekutu dan wilayah kami."

Lebih lanjut, mantan Gubernur South Carolina tersebut menjelaskan bahwa pihaknya akan mengajukan sanksi baru untuk Korut dalam pekan ini. Sanksi itu akan menargetkan negara-negara yang melakukan perdagangan dengan Pyongyang.

"AS akan melihat setiap negara yang berbisnis dengan Korut sebagai sebuah negara yang memberikan bantuan atas ambisi nuklir Korut yang sembrono dan berbahaya," ucap Haley. Ia menambahkan, "Hanya sanksi terkuat yang akan memungkinkan kita menyelesaikan masalah ini melalui diplomasi."

Pernyataan Haley ini mengemuka ketika nyaris pada saat bersamaan Presiden Donald Trump berbicara melalui sambungan telepon dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Kedua pemimpin tersebut berbicara kurang lebih 40 menit dan mencapai kesepakatan bahwa uji coba nuklir Korut yang terjadi pada Minggu, 3 September adalah "provokasi serius yang belum pernah terjadi sebelumnya".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1, Persib Mulai Tempel Persija

Posted: 06 Sep 2017 09:45 PM PDT

Persib Bandung perlahan-lahan mulai bangkit. Mereka belum menelan kekalahan dalam lima pertandingan terakhir di Liga 1.

Maung Bandung --sebutan Persib-- mencatatkan tiga kemenangan dan dua hasil imbang di Liga 1. Terakhir, Persib menang 4-1 atas Sriwijaya di Stadion Jakabaring, Senin (4/9/2017).

Tambahan 11 poin membuat Persib merangsek ke papan tengah klasemen Liga 1. Saat ini, Maung Bandung berada di urutan kesembilan dengan raihan 32 poin.

Persib hanya tertinggal empat angka dari musuh bebuyutan mereka, Persija. Macan Kemayoran --sebutan Persija-- berada di posisi keenam dengan 36 poin.

Sementara Bali United masih berada di puncak klasemen Liga 1 dengan 44 poin. Irfan Bachdim dan kawan-kawan hanya unggul satu angka dari Bhayangkara FC.

Saksikan juga video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Jam di Polda Jatim, Alfian Tanjung Diterbangkan ke Jakarta

Posted: 06 Sep 2017 09:43 PM PDT

Baru sekitar 2 meter dari pintu keluar Rutan Medaeng, Rabu, 6 September sekitar pukul 18.00 WIB, langkah Alfian terhenti. Di depannya, tim kuasa hukum berdebat dengan Direktur Ditreskrimum Polda Jatim, Komisaris Besar Polisi Agung Yudha Wibowo, yang menyerahkan surat penahanan untuk perkara di Polda Metro Jaya Jakarta.

Sekitar 15 menit bernegosiasi, Alfian dibawa polisi ke Polda Jatim.

Jarak tempuh Rutan Medaeng menuju Mapolda Jatim kurang lebih sekitar 45 menit. Setelah diperiksa 2 jam di Mapolda Jatim, pukul 21.00 WIB Alfian Tanjung langsung dibawa ke Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk diterbangkan ke Jakarta.

Alfian yang saat itu menggenakan peci dan jaket hitam hanya berkomentar sedikit ketika ditanya wartawan soal perkara yang membelitnya.

"Tanya saja ke polisi," ujar Alfian, Rabu malam.

Di mobil, Alfian duduk di bangku tengah diapit dua polisi. Delapan mobil berpenumpang polisi mengawal mobil yang membawa Alfian dari Mapolda Jatim menuju bandara. Sedangkan keluarga dan tim kuasa hukum Alfian Tanjung menumpangi mobil lain.

"Betul tadi malam dijemput Polda Metro di bandara," tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui pesan singkat, Kamis (7/9/2017).

Saksikan video menarik di bawah ini:

Kuasa hukum Alfian Tanjung, Abdullah Alkatiri, mengaku kecewa dengan penahanan kliennya, yang menurutnya nonprosedural. Kliennya menolak meneken berita acara penahanan.

Soal perkara kliennya, dia mengakui bahwa di Polda Metro Jaya sudah ditetapkan sebagai tersangka atas laporan sebuah partai politik dengan tuduhan pencemaran nama baik melalui media sosial.

Alkatiri mengaku akan bermusyawarah dengan seluruh tim kuasa hukum untuk menentukan langkah selanjutnya, termasuk apakah akan mengajukan praperadilan. 

"Kami ini kan tim, jadi kami akan bermusyawarah dulu langkah apa selanjutnya akan dilakukan," ucap Alkatiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Undang 16 Negara, MarkPlus Gelar ASEAN Marketing Summit 2017

Posted: 06 Sep 2017 09:43 PM PDT

MarkPlus Inc berkolaborasi dengan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menggelar The 3rd ASEAN Marketing Summit (AMS) 2017. Acara ini diadakan sejalan dengan peringatan ke-50 berdirinya organisasi ASEAN dan peringatan ke-20 Tahun ASEAN Plus Three yang merupakan bentuk kerja sama negara Asia Tenggara dengan Jepang, China dan Korea Selatan.

Acara yang digelar sehari penuh pada 7 September 2017 ini mengangkat tema "Asean & Indonesia: New Opportunities from The East. AMS akan dihadiri oleh perwakilan dari negara-negara Asia Marketing Federation (AMF) yang saat ini beranggotakan 16 negara, yakni Jepang, Tiongkok, Korea Selatan, Hong Kong, Mongolia, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Bangladesh, Kamboja, Sri Lanka, Vietnam, dan Myanmar.

Secretary-General of ASEAN Le Luong Minh membuka acara tersebut. Ia mengatakan, ASEAN telah berkontribusi besar dalam pembangunan, menjaga stabilitas, dan kesejahteraan bersama.

"Organisasi ini telah menjadi model kerja sama multilateral dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan yang mumpuni di mata dunia. Pencapaian itu kita raih dengan dialog, diplomasi, dan keterbukaan yang bertanggung jawab," tutur Lê Luong Minh saat memberikan sambutan di Hotel Raffles Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Sejumlah pembicara dijadwakan akan hadir dan membagikan pandangannya. Mereka antara lain Ahmad Bambang Staf Khusus Bidang Marketing dan Branding Kementerian BUMN RI, Faizal Rochmad Djomaedi President Director Telin Indonesia, Ricky Afrianto Global Marketing Mayora Indonesia, serta Philip Jusario Vermonte Executive Director CSIS Indonesia.

AMS 2017 juga dimeriahkan dengan sesi seremoni pemberian penghargaan kepada berbagai perusahaan dari Jepang, China dan Korea Selatan. Perusahaan-perusahaan ini dinilai telah mampu secara signifikan memajukan perekonomian dan turut mengembangkan sumber daya Indonesia.

Pada ASEAN Marketing Summit tahun lalu, ajang ASEAN Marketing Summit dibuka oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita ‎Dalam sambutannya, Enggartiasto mengungkapkan selama ini masalah yang dihadapi oleh sektor usaha kecil dan menengah (UKM) di ASEAN khususnya Indonesia adalah soal promosi.

Adanya ajang ini diharapkan dapat membantu para pelaku UKM untuk mendapatkan promosi dengan cara yang mudah dan murah.

"Seperti kita ketahui, masalah terbesar UKM adalah soal promosi. Jadi ini merupakan ide yang bagus untuk menggabungkan promosi dan UKM," ujar dia.

Sementara itu, Founder and Chairman Markplus Inc Hermawan Kartajaya mengatakan AMS merupakan seminar akbar yang membahas isu-isu hangat seputar dunia marketing dan bisnis.

Acara ini merupakan sarana yang baik bagi para profesional untuk membangun jaringan karena dihadiri oleh lebih dari 700 peserta dari kalangan manager, CEO, para pemilik perusahaan, pengusaha dan komunitas bisnis dari berbagai negara.

"Dengan adanya acara ini diharapkan dapat memicu Indonesia untuk bisa meningkatkan kontribusinya, terlebih lagi Indonesia merupakan negara terbesar di ASEAN," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 WNI Berhasil Kabur dari Penyanderaan Abu Sayyaf

Posted: 06 Sep 2017 09:41 PM PDT

Dua WNI dilaporkan kabur dari penyanderaan milisi Abu Sayyaf di Filipina Selatan. Warga Indonesia tersebut melarikan diri setelah 10 bulan disekap.

Dari keterangan pejabat militer Filipina, Brigadir Jenderal Cirilito Sobejana, mereka ditemukan di sebuah kapal di Kota Indanan, di selatan Provinsi Sulu.

Sobejana tidak menyebut, apakah para WNI menderita cedera atau tidak. Namun, kedua orang itu telah dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

WNI yang berhasil kabur teridentifikasi sebagai Sawal Maryam dan Sarapuddin Koni. Dua orang itu diculik di lepas pantai Sabah, 19 November lalu.

Dilansir dari Associated Press, Kamis (7/9/2017), tak diketahui bagaiamana kedua orang ini bisa kabur. Namun, Sobejana menyebut, sesaat sebelum mereka ditemukan militer Filipina terlibat baku tembak dengan milisi Abu Sayyaf di Talipao.

Hingga kini, Abu Sayyaf masih menyekap sekitar 17 warga asing yang terdiri dari seorang WN Belanda, 5 WNI, dan 7 warga Vietnam.

Abu Sayyaf sejak 2016 kerap menculik dan menyandera anak buah kapal (ABK) asal Indonesia. Mereka biasanya menyandera kapal yang melintas di wilayah Perairan Sulu, Filipina.

Penyanderaan pertama berlangsung pada 26 Maret 2016, sebanyak 10 ABK asal Indonesia disandera Abu Sayyaf. Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan, ada dua kapal yang dibajak Abu Sayyaf, yaitu Brahma 12 dan Anand 12, yang membawa 7.000 ton batu bara. Sepuluh awak kapal berkebangsaan Indonesia yang ada di dalamnya diculik.

Setelah melalui proses negosiasi panjang, mereka dibebaskan pada Minggu, 1 Mei 2016. Proses pembebasan ini sempat menuai polemik karena dikabarkan ada pembayaran tebusan.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan saat itu, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pemerintah sama sekali tidak membayar tebusan 50 juta peso yang diminta kelompok tersebut.

PT Brahma Internasional yang menaungi 10 ABK korban penyanderaan juga menegaskan, pihaknya tidak mengeluarkan satu sen pun untuk membebaskan anak buah mereka. Perusahaan menyebut 10 ABK bebas murni berkat negosiasi pemerintah.

Kelompok Abu Sayyaf kembali menculik dan menyandera ABK dari Indonesia. Kapal tunda TB Henry dan kapal tongkang Cristi juga dibajak kelompok bersenjata di perairan perbatasan Malaysia dan Filipina, Jumat sore, 15 April 2016.

Penculikan kembali terjadi pada 20 Juni 2016 di perairan Zulu dalam dua tahap. Pertama pada pukul 11.30 dan yang kedua pada 12.45 waktu setempat. Ada tujuh WNI yang merupakan ABK di Kapal tug boat Charles 001 Ting dan tongkang Roby 152.

Sementara itu, setelah melakukan diplomasi dan negosiasi selama enam bulan, akhirnya seluruh warga negara Indonesia ABK TB Charles berhasil dibebaskan. Mereka disandera kelompok Abu Sayyaff di Laut Filipina Selatan.

Keterangan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Kali ini Abu Sayyaff membebaskan dua ABK.

"Pada 12 Desember 2016, pemerintah berhasil membebaskan dua WNI ABK TB Charles dari tangan kelompok Abu Sayyaf di Filipina Selatan," ucap Retno dalam keterangan pers kepada Liputan6.com, Senin 12 Desember 2016.

Simak video berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Jadi “Best Destination of The Year 2017”

Posted: 06 Sep 2017 09:41 PM PDT

Indonesia patut berbangga. Pasalnya, untuk kesekian kalinya pariwisata Indonesia dinobatkan sebagai yang terbaik. Indonesia kembali berhasil mengalahkan negara-negara lainnya di kawasan Asia Pasifik, termasuk Thailand, sebagai "Best Destination of the Year" dalam ajang penghargaan bergengsi dunia pariwisata dunia, "The 28th Annual TTG Travel Awards 2017".

Raihan penghargaan tersebut membuktikan bahwa Indonesia memang yang terbaik. Indonesia dengan segala keindahanya sangat pantas berada di tampuk tertinggi pariwisata. Indonesia memiliki segalanya, mulai dari kekayaan alam, budaya, kuliner, keindahan bawah laut, hingga keramahan masyarakatnya.

"Terima kasih Indonesia. Terima kasih Bali. Terima kasih Lombok. Terima kasih Raja Ampat. Terima kasih Aceh. Terima kasih Manado. Terima kasih Derawan. Terima kasih rakyat Indonesia. Kita telah berhasil menjadi yang terbaik," ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Penghargaan tersebut, imbuhnya, menjadi bukti bahwa Indonesia memang pantas berada di deretan pemain global dunia pariwisata. Bahwa Indonesia sangat mampu bersaing dengan deretan negara-negara lain di dunia.

"Kalau kita bisa membayangkan, kita pasti bisa meraihnya. Dan inilah buktinya. Bahwa saya adalah orang yang percaya bahwa pariwisata dapat bersaing dengan negara-negara lain. Hari ini kita buktikan dapat mengalahkan Thailand yang merupakan jawara tahun lalu," ucap Arief.

Thailand, lanjut dia, memang merupakan pesaing terkuat Indonesia hingga saat ini, khususnya di Asia. Thailand sebelumnya telah berkali-kali mengalahkan Indonesia.

Dari sisi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), misalnya, Thailand pada 2016 berhasil mendatangkan 36 juta wisman, sedangkan Indonesia masih berada di angka 12 juta. Namun, dengan penghargaan ini akan membuktikan dan menjadi tonggak yang kuat bahwa Indonesia sangat bisa mengalahkan Thailand.

Terlebih lagi, saat ini Presiden Joko Widodo telah menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan negara.

"Kita sudah on the track. Semua sektor sudah mendukung. Sudah bersatu dalam semangat Indonesia Incorporated. Ke depan buah kemenangan itu akan bisa petik dengan sangat manis," kata Arief.

Penghargaan secara resmi akan diberikan dalam Gala Dinner TTG Travel Awards di World Ballroom, Centara Grand and Bangkok Convention Centre, pada 28 September 2017. Dalam malam penghargaan nanti, akan hadir beberapa tokoh terkenal dalam industri perjalanan dan pariwisata, serta diliput media internasional.

"Wonderful Indonesia bawa pulang trofi Hermes berlapis emas 24 karat, yang melambangkan sebagai yang terbaik dan paling bersinar di industri perjalanan dan pariwisata tahun ini," ujar Arief.

TTG Travel Awards merupakan pagelaran penghargaan bidang industri perjalanan dan pariwisata di Asia Pasifik yang digelar sejak tahun 1989. Event yang diselenggarakan tiap tahunnya ini memberikan penghargaan kepada perusahaan/organisasi/pemerintah yang dinilai sebagai yang terbaik dan cemerlang dalam industri travel. Kategori penghargaan diklasifikasikan mulai dari penghargaan bagi travel agent, hotel & resort, airlines, MICE, hingga insan pariwisata.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahagianya Adik-Adik Hamish Daud Punya Kakak Ipar Raisa

Posted: 06 Sep 2017 09:40 PM PDT

Setelah beberapa kali berpacaran, Hamish Daud akhirnya melabuhkan hatinya pada Raisa Andriana. Melalui masa pacaran kurang lebih satu tahun, keduanya pun mengikat janji suci pada 3 September 2017.

Bahagia turut dirasakan keluarga besar Hamish Daud, terutama ketiga adik perempuannya. Ya, tak banyak yang tahu kalau bintang film Gangster itu punya tiga adik perempuan yang tak kalah cantik dari Raisa.

 Ketiga adik Hamish Daud; Tarita, Karima dan Gaia Weber [foto: instagram.com/andaws]

Ketiganya diketahui bernama Tarita Weber, Karima Weber dan Gaia Weber. Keberadaan mereka akhirnya terungkap ke publik saat menghadiri pernikahan Hamish Daud dan Raisa tempo hari.

Tarita, Karima, dan Gaia tampak cantik dalam balutan kebaya ungu pada waktu akad dan berganti dengan gaun berwarna pink di waktu resepsi. Ketiganya begitu antusias menyambut Raisa menjadi bagian dari keluarga mereka.

"Selamat kak @hamishdw kamu melakukan dengan baik untuk yang satu ini #kamibanggapadamu," tulis si bungsu Gaia Weber di Instagram pribadinya.

 Tarita, Karima dan Gaia Weber berpose bersama Hamish Daud dan Raisa [foto: instagram.com/gaiaweb]

Begitu juga dengan Karima Weber yang merasa bahagia Hamish Daud sudah menemukan belahan jiwanya. "Ah benar-benar pasangan yang serasi!!! Aku ikut bahagia kakak menemukan seseorang yang sama jahilnya denganmu," ungkap Karima.

"Cantiknya adek2 bang hamish," puji @inazrn melihat kecantikan ketiga adik Hamish Daud.

"Paling ganteng sendiri yaaaa bang @hamishdw apalgi dkelilingi cewek2 gtu... Hehe," ujar @davinasyauqia14.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meikarta Buat Cikarang Jadi Primadona

Posted: 06 Sep 2017 09:36 PM PDT

Nama Cikarang mulai menjadi perhatian banyak orang yang mencari tempat tinggal. Penyebabnya adalah dibangunnya kota modern Meikarta di sana.

Kota yang dibangun oleh Lippo Group ini tengah membangun 200.000 unit hunian vertikal di atas lahan seluar 500 hektar.

Apartemen Meikarta merupakan salah satu apartemen dengan nilai investasi proyek mencapai Rp 278 triliun. Proyek ini diangkat sedemikian rupa oleh Lippo Group sebagai terobosan bagi terlahirnya Jakarta Baru, yang berlokasi di JL.Boulevard Utara, Lippo Cikarang, Cibatu, Bekasi, Jawa Barat.

Bicara fasilitas, Meikarta bakal memiliki pusat pendidikan, perbelanjaan, kesehatan, rumah sakit, dan hotel. Bahka Meikarta direncakan mempunyai fasilitas teater opera dan pusat kesenian.

Tak hanya fasilitas yang segudang, Meikarta juga mempunyai akses transportasi untuk memudahkan mobilitas para penghuni. Mulai dari MRT, LRT hingga kereta cepat.

Hingga saat ini sudah tercatat sebanyak hampir ribuan unit apartemen di kawasan Meikarta telah terjual. Angka tersebut masih akan bertambah seiring dengan penawaran unit oleh pengembang.

Selain menyediakan hunian dengan fasilitas lengkap, pembangunan Meikarta bertujuan untuk menepis keraguan pengusaha terhadap Indonesia. Pasalnya, uang yang harus disediakan untuk membangun kota baru dengan nilai investasi yang tinggi.

Hal ini juga menjadi alasan, Lippo Group akan membangun beberapa hotel bintang lima. Pihaknya akan mengundang pengembang hotel bintang lima, seperti The Ritz Carlton, ST Regis, Hyatt untuk membangun penginapan di Meikarta.
Rencananya juga akan dibangun hotel bintang lima ini bukan hanya impian karena pihak Lippo sudah melakukan kesepakatan kerjasama dengan Langham, yang sudah pengalaman bangun hotel-hotel mewah di London dan negara lainnya

Selain itu, Lippo juga berencana membangun 10 pusat perbelanjaan serta menyediakan 1,5 juta meter persegi area komersial yang akan diisi oleh kafe, toko, dan lain-lain. Ini tentunya akan mendatangkan pengunjung yang tidak sedikit.

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: KPK Lakukan OTT di Bengkulu

Posted: 06 Sep 2017 09:36 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Bengkulu. Dalam operasi tersebut, diduga ada seorang hakim yang ikut tertangkap. Namun, pihak Mahkamah Agung maupun KPK masih belum mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salat Gaib untuk Warga Rohingya dari Indonesia

Posted: 06 Sep 2017 09:33 PM PDT

Belasan mahasiswa perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam, Himpunan Mahasiswa Islam dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Komisariat Universitas Dehasen Bengkulu menggelar salat gaib sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban krisis kemanusiaan dan konflik Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Salat gaib yang digelar di aula perpustakaan kampus itu dipimpin Ketua UKM Kerohanian Islam, Taufik Hilman. Mereka menggelar salat gaib layaknya melaksanakan salat jenazah.

Ritual tersebut diakhiri dengan doa yang ditujukan kepada para korban meninggal dunia dari etnis Rohingya di Myanmar.

Ketua BEM Universitas Dehasen Bengkulu, Asep Agus Setiawan, mengatakan tragedi kemanusiaan di Rohingya sudah sangat memprihatinkan. Sudah banyak korban jiwa berjatuhan. Jika tidak diambil sikap secara cepat, maka korban jiwa akan terus bertambah.

"Kita mengirimkan doa kepada saudara kita sesama muslim yang menjadi korban," ucap Asep di Bengkulu, Rabu, 6 September 2017.

Saat ini, para mahasiswa Bengkulu menggalang konsolidasi untuk kembali menggelar aksi secara serentak. Tujuannya adalah untuk mendesak pemerintah dan dunia internasional supaya mengambil sikap tegas dan langkah taktis terkait tragedi Rohingya.

"Putuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Myanmar. Segera kirim bantuan kemanusiaan ke sana. Dunia internasional harus segera turun tangan," tutur Asep.

Usai menggelar salat gaib, para pimpinan lembaga kemahasiswaan itu menggalang aksi pengumpulan dana kemanusiaan untuk warga Rohingya. Dana yang terkumpul nantinya akan disatukan bersama semua pihak yang melakukan penggalangan dan dikirim secara serempak.

Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Dehasen Bengkulu, Bando Amin C Kader, mengutuk keras pembantaian etnis Rohingya. Tidak hanya orang dewasa, para perempuan dan anak anak juga menjadi korban tragedi kemanusiaan di Myanmar.

Dia menyerukan seluruh pimpinan lembaga di bawah Yayasan Dehasen, termasuk universitas, Akademi Kebidanan, dan Sekolah Tinggi Kesehatan, untuk melakukan penggalangan secara bersama-sama guna meringankan beban warga Rohingya.

Secara tegas Bando juga akan membiayai jika ada mahasiswa yang bersedia menjadi relawan untuk berangkat ke Myanmar.

"Saya akan ongkosi dan berikan biaya untuk mahasiswa yang bersedia menjadi relawan ke sana. Kita akan buka posko untuk itu," kata Bando Amin C Kader.

 

Penggalangan dana dilakukan petugas polisi dengan membawa kardus yang bertuliskan 'Aksi penggalangan dana keluarga besar Polres Karanganyar untuk Rohingya'. (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Puluhan anggota Kepolisian Resor (Polres) Karanganyar menggelar salat gaib untuk mendoakan warga Muslim Rohingya yang menjadi korban tragedi kemanusiaan di Myanmar. Selain itu, aparat kepolisian itu itu juga menggalang dana untuk disumbangkan kepada para korban.

Penggalangan dana untuk para korban konflik Rohingya dilakukan usai apel pasukan di Mapolres Karanganyar, Rabu, 6 September 2017. Apel dan penggalangan dana tersebut dipimpin langsung Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak.

Penggalangan dana dilakukan petugas polisi dengan membawa kardus yang bertuliskan "Aksi penggalangan dana keluarga besar Polres Karanganyar untuk Rohingya". Selanjutnya, para anggota polisi memasukkan uang sumbangan ke dalam kardus. Dari hasil penghitungan, jumlah dana sumbangan yang terkumpul mencapai Rp 6 juta.

Setelah menggalang dana, para petugas polisi juga melakukan salat gaib untuk mendoakan arwah para korban konflik etnis Rohingya. Tak hanya itu, mereka juga menggelar doa bersama di masjid yang berada di Komplek Mapolres Karanganyar.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, mengatakan aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas kepada para korban konflik Rohingya yang terjadi di Myanmar.

"Ini sebagai aksi nyata kepedulian kita kepada korban konflik di Rohingnya," kata dia, Rabu, 6 Agustus 2017.

Dana sumbangan yang terkumpul, kata dia, selanjutnya akan diserahkan kepada para korban konflik di Rohingya melalui lembaga resmi. "Sumbangan penggalangan dana akan disalurkan melalui lembaga resmi seperti Lazis untuk selanjutkan diserahkan kepada etnis Rohingya yang menjadi korban konflik," ujarnya.

Ade menambahkan aksi solidaritas ini muncul dari kepedulian para anggota keluarga besar Polres Karanganyar. Selain itu, pihaknya juga mendukung dan menghormati kebijakan diplomasi yang dilakukan pemerintah untuk konflik Rohingya.

"Kita berharap konflik di Rohingnya segera selesai," ujarnya.

Seribuan siswa Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar doa bersama dan salat gaib di Masjid Nurul Ilmi untuk warga Rohingya. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Usai salat Zuhur berjemaah, seribuan siswa Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar doa bersama dan salat gaib di Masjid Nurul Ilmi yang berada di sekolah setempat, Selasa siang, 5 September 2017. Aksi tersebut sebagai bentuk keprihatinan atas kekerasan yang dialami ribuan orang etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Wakil Kepala Kurikulum MAN Brebes, Sunata, mengatakan aksi doa dan salat gaib bersama digelar untuk memberikan dukungan dan solidaritas terhadap warga Rohingya yang beberapa tahun belakangan mengalami kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

"Berdasarkan informasi di pemberitaan media TV ataupun media online kalau ribuan warga etnis Rohingya yang mayoritas muslim saat ini sedang tertindas. Mereka diberlakukan oleh tentara Myanmar dengan tidak manusiawi," ucap Sunata.

Menurut dia, tindakan tentara Myanmar kepada ribuan etnis Rohingya yang mayoritas muslim sangat kejam dan tidak berperikemanusiaan. "Melihat berita tentang etnis Rohingya membuat saya sedih, krisis kemanusiaan sedang menimpa saudara-saudara kita di sana," kata dia.

Sunata menjelaskan, pihak sekolah sengaja menggelar doa bersama dan salat gaib juga untuk memberikan edukasi kepada para siswa siswinya. Kedua, mengajak siswa untuk turut mendoakan warga Rohingya yang menjadi korban dalam tragedi kemanusiaan di Myanmar.

"Dengan doa yang kita panjatkan ini, diharapkan puluhan ribu warga Rohingya yang saat ini berjuang bertahan hidup di manapun berada agar tetap kuat dan tabah serta selalu diberikan perlindungan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, salat gaib itu juga ditujukan bagi warga Rohingya yang telah wafat dalam tragedi kemanusiaan tersebut, di samping sebagai pembelajaran praktik ibadah salat gaib bagi siswa.

"Dengan kegiatan ini supaya siswa-siswi kami merasakan penderitaan yang dirasakan warga Rohingya," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ronaldo Minta Trio BBC Real Madrid Diganti CIA

Posted: 06 Sep 2017 09:30 PM PDT

Dalam beberapa tahun terakhir, Real Madrid mengandalankan trio BBC di lini depan. Namun, sekarang trisula Karim Benzema, Gareth Bale, dan Cristiano Ronaldo itu di ambang perpecahan.

Penyebabnya adalah Ronaldo. Bintang asal Portugal tersebut merasa sudah kurang cocok dengan Bale dan Benzema di lini serang Real Madrid.

Ronaldo berpikir untuk mengganti trio BBC dengan CIA. Mantan penyerang Manchester United itu ingin yang menjadi pendampingnya di barisan serang ialah Isco Alarcon dan Marco Asensio.

Belakangan performa Isco dan Asensio memang sedang melesat. Mereka banyak memberikan kontribusi buat tim saat dipercaya turun bermain.

Untuk meluluskan keinginan membentuk trio baru, CIA, Ronaldo sudah berbicara dengan pelatih Zinedine Zidane, seperti diberitakan Don Balon.

Hanya saja, sebagai pelatih Zidane memegang prinsip tidak ada pihak luar yang bisa mengintervensinya dalam menyusun strategi bermain. Dia diyakini akan tetap pada kebijakan awal, yakni melakukan rotasi skuat Real Madrid.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Daftar CPNS Online Paling Diburu

Posted: 06 Sep 2017 09:30 PM PDT

Cara mendaftar CPNS 2017 secara online hingga harga Samsung Galaxy Note 8 terungkap sebesar Rp 13 jutaan, paling diburu pembaca Tekno Liputan6.com.

Untuk mengetahui selengkapnya, simak tiga berita terpopuler pada Kamis (7/9/2017) berikut ini:

1. Ini Cara Daftar CPNS secara Online

Pemerintah membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS batch II sebanyak 17.928 formasi di 60 Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara pada 2017.

Informasi lowongan disampaikan di website kementerian bersangkutan, website menpan.go.id, sscn.bkn.go.id aray akun media sosial utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) yaitu facebook.com/bkngoid dan twitter.com/bkngoid.

Pendaftaran online penerimaan CPNS pada 60 K/L dimulai pada Selasa (5/9/2017), pukul 23.00 melalui laman situs sscn.bkn.go.id. Pelamar yang sebelumnya sudah melamar pada seleksi Kementerian Hukum dan Has Asasi Manusia (Kemenkum HAM) dan Mahkamah Agung (MA) di batch I dan tidak lolos, tidak perlu lagi membuat akun untuk melamar ke 60 K/L ini.

Selanjutnya baca di sini

2. Ini 4 Tips untuk Terkenal di Instagram

Instagram adalah salah satu jejaring sosial populer. Di Instagram, orang-orang bisa mendapatkan popularitas melalui foto dan video yang mereka unggah.

Menjadi terkenal dan mendapatkan uang dari popularitas di Instagram bukan lagi hal baru. Tapi untuk menjadi terkenal di Instagram, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Jumlah follower dan "like" pada foto atau video yang diunggah, menjadi dua tolak ukur untuk menyebut seseorang terkenal di Instagram. Nah, jika kalian juga ingin terkenal di Instagram, ada beberapa cara sederhana untuk mewujudkan hal tersebut.

Selanjutnya baca di sini

3. Resmi, Galaxy Note 8 Dibanderol Rp 13 Juta di Indonesia

Resmi diperkenalkan pada acara Samsung Unpacked 2017 yang digelar di New York, Amerika Serikat, akhir bulan Agustus 2017, Samsung secara resmi membuka kanal penjualan Galaxy Note 8 dengan sistem pre-order.

"Di Indonesia, Galaxy Note 8 akan mulai bisa dipesan secara pre-order pada 8 September 2017 via online," ujar Denny Galant, Head of IT & Mobility Product Marketing Samsung Electronics Indonesia saat peluncuran Galaxy Note 8 di New York, Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Sempat enggan mengungkap berapa banderol harga smartphone teranyar dari Samsung tersebut, akhirnya informasi tersebut pun muncul di internet.

Selanjutnya baca di sini

(Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Panik, Ini Cara Berikan Pertolongan pada Korban Tersetrum

Posted: 06 Sep 2017 09:30 PM PDT

Saat melihat korban tersetrum, tak sedikit orang yang keburu panik dan telat melakukan pertolongan pertama. Tersetrum bisa berakibat fatal dan berujung kematian yang dikenal dengan electrocution.

Kondisi electrocution membuat sel-sel dalam tubuh pecah sehingga menyebabkan kematian. Seperti dikutip laman Klikdokter.com, Kamis (7/9/2017), sesaat setelah korban tersetrum yang terjadi ialah korban akan terjatuh dan mengalami kontraksi otot yang mengakibatkan kejang.

Tersetrum dapat menyebabkan korban dehidrasi, luka bakar, patah tulang, penggumpalan darah hingga kematian jaringan tubuh. Tak jarang juga tersetrum mengakibatkan gangguan gagal napas, jantung, dan ginjal sehingga berujung kematian.

Berikut enam langkah tepat yang bisa dilakukan saat membantu korban tersetrum.

1. Putus sumber aliran listrik.

2. Hindari menyentuh tubuh korban dengan tangan kosong jika korban masih terhubung dengan sumber listrik.

3. Pindahkan sumber listrik dengan menggunakan alat berbahan dasar kayu atau plastik.

4. Segera hubungi petugas medis dan saat menunggu cermati tanda vital korban.

5. Cek apakah korban masih bernapas atau batuk-batuk.

6. Apakah korban tersetrum dapat bergerak? Jika ya dan ia masih bernapas, pindahkan ke lokasi yang aman. Jika tidak, lakukan resusitasi jantung paru-paru atau cardiopulmonary resusication (CPR).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selena Gomez Dapat Bunga Berbentuk Mr.P, Polisi Turun Tangan

Posted: 06 Sep 2017 09:30 PM PDT

Selena Gomez, artis jebolan Disney yang penuh pesona itu ternyata membuat penggemarnya lumer, termasuk dengan penampilannya. Wajar saja, Selena Gomez kerap kali mendapatkan kiriman hadiah dari fans, berupa makanan, bunga atau boneka sebagai bentuk dukungan untuk sang artis.

Kali ini, Selena Gomez mendapatkan hadiah yang aneh. Bunga yang telah dibentuk sedemikian rupa hingga tampak seperti Mr.P, dikirimkan langsung ke kediamannya, diwartakan Dailymail, Rabu (6/9/2017).

Akhirnya, polisi pun terpaksa turun tangan karena pemberian penggemar yang nyeleneh itu. Sebelum sampai ke tangan Selena Gomez, pihak keamanan menghubungi polisi.

Seorang sumber mengatakan, tim pengamanan Selena Gomez terkejut dengan adanya kiriman bunga berbentuk Mr.P. Khawatir hadiah itu bagian dari ancaman, akhirnya tak diberikan kepada Selena Gomez.

Polisi yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, "pihak berwajib turun tangan bukan karena bentuk bunganya berupa Mr.P, tetapi pengirimnya. Rupanya seorang fans yang nekat ingin menyerahkan hadiahnya secara langsung."

"Tim keamanan Selena Gomez langsung menghubungi polisi. Jadi, pria tersebut tak sempat menerobos atau bertemu dengan Selena Gomez," tambahnya.

Pada 2014, Selena Gomez mengalami kejadian tak menyenangkan, harus berhadapan dengan penguntit. Kini, kejadian tersebut terulang lagi.

Saat itu, pria bernama Che Cruz sempat menerobos ke kediaman Selena Gomez. Dua kali dalam seminggu berturut-turut, Che Cruz berusaha menyelinap. Setelah ditangkap, Che Cruz diperintahkan pengadilan setempat menjauhi Selena Gomez.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Minyak RI Naik pada Agustus

Posted: 06 Sep 2017 09:29 PM PDT

Harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) pada Agustus 2017 meningkat dibanding Juli 2017. Rata-rata ICP Agustus US$ 48,43 per barel, naik US$ 2,95 per barel dari US$ 45,48 per barel pada bulan sebelumnya.

‎Seperti yang dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Minyak dan Gas bumi (Migas) Kementerian ESDM, Kamis (7/9/2017). ICP SLC pada Agustus mencapai US$ 49,17 per barel, naik sebesar US$ 2,82 per barel dari US$ 46,35 per barel pada Juli 2017.

Perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada Agustus 2017 dibandingkan 2017 meningkat menjadi sebagai berikut: Dated Brent naik sebesar US$ 3,08 per barel dari US$ 48,56 per barel menjadi US$ 51,64 per barel.

Kemudian harga minyak Brent (ICE) naik sebesar US$ 2,72 per barel dari US$ 49,15 per barel menjadi US$ 51,87 per barel. WTI (Nymex) naik sebesar US$ 1,38 per barel dari US$ 46,68 per barel menjadi US$ 48,06 per barel, serta Basket OPEC naik sebesar US$ 2,68 per barel dari US$ 46,93 per barel menjadi US$ 49,61 per barel.

Lebih lanjut, Tim Harga Minyak menyatakan, harga minyak mentah utama di pasar internasional meningkat yang diakibatkan oleh beberapa faktor, yakni pertama, berdasarkan publikasi Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) pada Agustus 2017, proyeksi permintaan minyak mentah global 2017 naik 0,11 juta barel per hari (bph) dibandingkan dengan proyeksi bulan sebelumnya menjadi sebesar 96,49 juta bph.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Kemudian perkiraan pertumbuhan permintaan produk minyak global telah direvisi naik 0,1 juta bph pada 2017 dibanding laporan bulan sebelumnya, menjadi 1,5 juta bph.

Kedua, berdasarkan laporan Energy Information Administration (EIA) USA, tingkat stok minyak mentah komersial dan distillate fuel oil AS selama Agustus 2017 turun dibandingkan dengan Juli 2017.

Stok minyak mentah komersial Agustus 2017 turun 18,7 juta barel menjadi sebesar 463,2 juta barel. Stok distillate fuel oil di Agustus 2017 turun 1,0 juta barel menjadi sebesar 148,4 juta barel.

Ketiga, berdasarkan publikasi IEA dan OPEC Agustus 2017, stok minyak mentah komersial negara OECD turun sebesar 19,2 juta barel dan 21,9 juta barel.

Terakhir, respons positif pasar yaitu pelaku pasar akan terus mengawasi tingkat penggunaan rig di Amerika Serikat (RIM 17.08.2017). Sementara itu berdasarkan data Baker Hughes Incorporated, terdapat penurunan jumlah drilling rig di Amerika Serikat yaitu turun sebanyak 4 rig dalam satu pekan di bulan Agustus 2017, menjadi 954 rig.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bosch Bikin As Roda Elektrik, Secanggih Apa?

Posted: 06 Sep 2017 09:29 PM PDT

Bagi mobil listrik, penggunaan baterai dengan daya yang besar sangat mempengaruhi performa. Pasalnya, dengan semakin besar daya sebuah baterai, maka akan meningkatkan jangkauan jarak mobil listrik tersebut.

Lalu, bisakah sebuah powertrain baru memiliki dampak yang sebanding?

Untuk menjawab hal tersebut, perusahaan penyedia teknologi mobil terkemuka, Bosch, menyediakan penggerak as roda elektrik atau e-axle. Istimewanya, Bosch menggabungkan tiga komponen dalam satu unit, yaitu mesin, power electronics (pengonversi dan pengontrol daya listrik), dan transmisi menjadi satu komponen yang menggerakan as roda mobil.

"Dengan as roda elektriknya, Bosch menerapkan prinsip all in one pada powertrain, jadi lebih efisien dan terjangkau," jelas Rolf Bulander, Anggota Dewan Manajemen Robert Bosch GmbH, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis (7/9/2017).

Komponen tersebut memang menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi pabrikan komponen dan teknologi otomotif asal Jerman, dan komponen baru ini sangat fleksibel dan dapat dipasang pada mobil hibrida dan listrik, mobil kompak, SUV, dan bahkan truk ringan – sungguh pasar yang sangat besar.

"Dari segi ekonomi, as roda elektrik bisa menjadi sebuah terobosan besar bagi Bosch," tambah Bulander.

Simak juga video menarik di bawah ini:

Selain itu, komponen powertrain listrik Bosch ini juga menjadi kunci dalam ambisi perusahaan menjadi pemimpin pasar global untuk elektromobilitas mulai 2020 mendatang.

Saat ini, sudah lebih dari 500 ribu mobil listrik dan hibrida yang menggunakan komponen Bosch, dan perusahaan ini juga memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam pembuatan motor listrik, as roda, dan power electronics.

Keahlian tersebut sukses melahirkan as roda elektrik yang baru dikembangkan. Dengan komponen ini, Bosch berharap bisa menghasilkan penjualan yang mencapai miliaran.

"As roda elektrik ini adalah powertrain 'rintisan' bagi mobil listrik, dan juga bagi para produsen mobil yang telah mapan. Komponen ini memungkinkan produsen mobil menghemat waktu pengembangan yang berharga, serta mempercepat peluncuran kendaraan listrik mereka ke pasaran," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Amankan Sejumlah Uang pada OTT Bengkulu

Posted: 06 Sep 2017 09:27 PM PDT

Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Bengkulu. Lima orang diduga diamankan dalam operasi tersebut. Petugas juga menyita sejumlah uang.

"Diamankan sejumlah orang dan sejumlah uang di lokasi," ujar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, ketika dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (7/9/2017)

Namun Febri belum mau mengungkap jumlah uang yang disita oleh penyidik.

"Saat ini proses pemeriksaan awal masih berlangsung di Polda Bengkulu," kata Febri.

Pada operasi senyap kali ini, KPK mendapat informasi dari masyarakat. Informasi itu menyebutkan akan terjadi suap menyuap di lokasi tersebut.

"Ada indikasi transaksi suap yang melibatkan oknum penegak hukum setempat. Diamankan sejumlah orang dan sejumlah uang di lokasi," tutur Febri.

KPK kini memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status kepada meraka yang diamankan.

"Siang ini direncanakan akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta untuk proses
lanjutan. Dalam waktu paling lambat 24 Jam KPK akan tentukan status
hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut," kata dia.

Saksikan video berikut ini:

Sebelumnya, KPK kembali menangkap lima orang di kawasan Sawah Lebar, Kota Bengkulu. Penangkapan dilakukan Kamis dini hari tadi. Kelima orang tersebut saat ini diperiksa di Markas Polda Bengkulu.

Mereka adalah DA yang disebut sebut sebagai salah seorang penegak hukum, pegawai di sebuah instansi hukum, dan tiga orang lain yang belum diketahui identitasnya. Kelimanya dibawa untuk diperiksa di lantai dua gedung Direktorat Reskrim Polda Bengkulu oleh tim KPK berjumlah lebih dari 10 orang.

Kapolda Bengkulu Brigjen Coki Manurung sempat menyambangi ruang pemeriksaan pada Kamis subuh. Hanya beberapa saat saja Kapolda langsung pergi dan tidak bersedia di konfirmasi.

Direktur Reskrim Khusus Polda Bengkulu Komisaris Besar A Rafik membenarkan operasi tsngkap tangan KPK dini hari tadi.

"Memang ada kegiatan KPK di sini sejak tadi malam, kita hanya menyiapkan fasilitas dan pengamanan," tegas Rafik di Bengkulu (7/9/2017)

Pantauan Liputan6.com di Mapolda Bengkulu terlihat petugas melakukan pengamanan secara ketat.

Setiap orang yang ingin memasuki halaman Mapolda dilakukan pemeriksaan dengan metal detector. Termasuk ruang Ditreskrim dijaga petugas bersenjata dan ruangan ditutup untuk sterilisasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Sampah, Rumah Nana Mirdad Kebakaran

Posted: 06 Sep 2017 09:20 PM PDT

Musibah kebakaran yang menimpa Nana Mirdad, Selasa (5/9/2017) malam, mengakibatkan kerugian yang tak sedikit. Meski begitu, ia masih bersyukur anak-anaknya selamat dari peristiwa nahas tersebut.

Anak-anak Nana Mirdad diselamatkan oleh asisten rumah tangga yang melihat kobaran api. Sementara, Nana dan suami, Andrew White tengah menikmati makan malam di sebuah restoran di Sanur, Bali.

Nana Mirdad bersama anak-anak (Foto: Instagram)

Nana Mirdad pun menceritakan kronologi terjadinya api yang membakar hangus rumah miliknya itu di akun Instagram Story, Rabu (6/9/2017). Ternyata api muncul dari orang-orang yang tak bertanggung jawab membakar sampah di lahan kosong di samping rumah milik anak pasangan Lidya Kandou dan Jamal Mirdad itu. 

Rumah yang terbakar hebat tersebut memang tidak ditinggali keluarga Nana, melainkan untuk disewakan.

Lantaran masih banyak ilalang di sekitar rumahnya di Bali, membuat api menyebar hingga menghanguskan rumah tersebut dalam hitungan menit. Dan hingga kini, api masih menyala di titik-titik tertentu. Nana Mirdad pun menyempatkan diri untuk memberikan nasihat dan memetik hikmah dari kejadian tersebut. "Moral story-nya adalah: STOP BURNING RUBBISH!!! terlebih dari sekian banyaknya alang2 di daerah Bali. Please, alang2 yang terkena api menyebar dalam hitungan menit." 

Nana Mirdad dan Andrew White pun masih menyirami beberapa cluster miliknya karena takut api menyambar bangunan lainnya.

Nana Mirdad menjelaskan kronologis kebakaran yang terjadi di rumahnya (Foto: Instagram)

Dalam akun Instagram Story itu pun terlihat beberapa orang yang sedang berbenah di rumah Nana Mirdad, termasuk anak-anaknya.

Nana Mirdad menikah dengan Andrew White pada 13 Mei 2006, dan dikaruniai dua orang anak, yakni Jason Deandra White dan Sarah Deana White. Kini, mereka menetap di Bali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Jateng Pastikan Tidak Ada Unjuk Rasa di Borobudur

Posted: 06 Sep 2017 09:16 PM PDT

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan tidak akan ada demonstrasi solidaritas di kompleks Candi Borobudur. Sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) di Jawa Tengah sempat berencana menggelar aksi solidaritas Rohingya di sana.

"Enggak jadi. Besok hari Jumat (demonstrasi) dialihkan ke Masjid An Nur jadinya," kata Ganjar di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Ganjar mengatakan, kompleks Candi Borobudur tidak diperkenankan untuk menggelar unjuk rasa. Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan aturan yang telah diberlakukan.

"Aturannya kan harus 500 meter dari candi tidak boleh untuk itu (unjuk rasa). Jadi bukan dilarang, tapi aturannya memang gitu," ujar Ganjar.

Dia menambahkan, pihaknya telah bertemu dengan sejumlah ormas yang akan berunjuk rasa. Akhirnya disepakati, demonstrasi dialihkan ke tempat lain.

Ganjar mempersilakan para demonstran untuk berunjuk rasa sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Mereka sendiri yang minta dialihkan, jadi itu kemarin obrolannya bagus sekali. Jadi saya seneng kita bisa ngobrol," ucap Ganjar.

"Tapi kami enggak bisa melarang mereka sampaikan aspirasi. Kami minnta aspirasi disalurkan dengan jernih," tandas Ganjar.

Saksikan Video Menarik Di Bawah Ini:

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menetapkan siaga satu di Jawa Tengah. 

"Siaga I mulai Kamis (7 September), Jumat (8 September) sampai Sabtu (9 September)," kata Condro di Semarang, seperti dilansir Antara, Rabu 6 September 2017.

Kepolisian menyiapkan pengamanan di kawasan Borobudur untuk mengantisipasi pelaksanaan aksi bela Rohingnya itu.

Ia menjelaskan, kawasan ring satu hingga tiga di Borobudur dipastikan steril dari aksi, jika pengerahan massa jadi dilakukan. Kepolisian, kata dia, juga akan mengupayakan agar Borobudur tetap dibuka untuk wisatawan.

"Kami akan koordinasikan dengan pengelola dulu," ujar Condro.

Ia menegaskan belum ada pengajuan izin berkaitan dengan aksi pengerahan massa ke Borobudur.

"Belum ada pengajuan izin dan tidak akan kami izinkan," ucap Condro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Petenis Putri Tuan Rumah Kuasai Semifinal AS Terbuka 2017

Posted: 06 Sep 2017 09:15 PM PDT

Babak semifinal Amerika Serikat atau AS Terbuka 2017 dikuasai oleh petenis putri tuan rumah. Untuk pertama kali terjadi sejak 1981, empat semifinalis sektor putri AS Terbuka semuanya berasal dari tuan rumah Amerika Serikat.

Venus Williams, pengoleksi tujuh gelar Grand Slam memimpin dominasi petenis putri tuan rumah di AS Terbuka 2017. Williams tengah memburu gelar AS Terbuka ketiganya setelah memenanginya pada 2000 dan 2001.

Sloane Stephens, kompatriot Venus akan menjadi lawannya di semifinal AS Terbuka kali ini. Pada pertandingan semifinal putri lainnya, unggulan ke-20 Coco Vandeweghe berhadapan dengan unggulan ke-15 Madison Keys, Kamis waktu AS nanti di Stadion Arthur Ashe.

Para pemenang partai semifinal akan berhadapan Sabtu pekan ini demi menjadi juara AS Terbuka 2017. "Hebat sekali. Saya kira ini akan menjadi momen yang sangat spesial. Saya senang telah lolos dan mencatatkan nama saya di sana," kata Madison Keys, usai menang 6-3, 6-3 melawan petenis Estonia Kaia Kanepi, seperti dilansir AFP.



Siapa pun yang maju ke final, mereka akan menciptakan all-American pertama dalam final AS Terbuka sejak 2002, ketika Venus ditundukkan adiknya, Serena Williams.

"Dua pekan yang hebat untuk dunia tenis Amerika, menyaksikan semua pemain Amerika ada di undian dan semuanya maju begitu jauh dan bertanding dengan bagus sekali. Indah sekali menyaksikan kebangkitan kembali ini dan saya harap terus berlanjut," terangnya.

Venus, yang unggulan kesembilan, menikmati salah satu musim terbaiknya dalam usia 37 tahun. Tahun ini, runner-up Australia Terbuka dan Wimbledon itu menjadi semifinalis AS Terbuka paling tua dan yang tertua dalam Grand Slam mana pun sejak Martina Navratilova pada Wimbledon 1994.

Venus di ambang maju ke final Grand Slam tiga kali berturut-turutnya yang pertama sejak 2002. Venus dan Stephens akan memainkan pertemuan antara dua petenis kulit hitam di Stadion Arthur Ashe.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringati Hari Pelanggan Nasional, PLN Alirkan Listrik di 5 Desa

Posted: 06 Sep 2017 09:14 PM PDT

PT PLN (Persero)mengalirkan listrik untuk lima desa di tiga provinsi berbeda untuk memperingati hari pelanggan nasional. Hal tersebut‎ merupakan upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

GM PLN Wilayah Sulselrabar Bob Saril mengatakan, dengan menyalanya listrik di lima desa tersebut, total pelanggan yang dilayani PLN bertambah sebanyak 1.140 pelanggan.

Total panjang jaringan tegangan menengah dari kelima desa tersebut adalah 18,9 kilometer sirkit (kms), total panjang jaringan tegangan rendah 13,48 kms, dan total daya yang dialirkan sebesar 150 kilo Volt Ampere (kVA).


"Kegiatan ini bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa agar anak-anak dapat belajar pada malam hari. PLN bertekad memberikan benderang di seluruh nusantara. Khusus di Sulsel, akan terlistriki 100 persen pada 2019," ungkap Bob Saril, di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Bob menyebutkan,‎ lima desa tersebut adalah Desa Pebassian Kecamatan Mamasa Kabupten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, Desa Tellu Limpoe Kecamatan Mario Riawa Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Maroko Kecamatan Ranteangin, Kabupaten Kolaka Utara, Desa Dete Kecamatan Tomia Timur, dan Desa Kulati Kecamatan Tomia Timur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Bob menuturkan, berbagai macam medan yang menantang harus dilalui dalam melistriki desa-desa tersebut. Di Tomia misalnya, cuaca laut yang ekstrem dan air laut yang surut menyebabkan kapal pengangkut genset untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Waha Tomia sulit bersandar. Di Desa Maroko Sulawesi Tenggara, minimnya infrastruktur menjadi kendala penyalaan listrik.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Sementara di Desa Pebassian, yang menjadi kendala adalah akses jalan licin dan berlumpur. Penyalaan listrik di Desa Tellu Limpoe juga menemui kesulitan karena terletak di daerah pegunungan.

Meski begitu, kesulitan-kesulitan ini tidak menyurutkan semangat petugas PLN untuk memberikan pelayanan terbaik bagi bagi pelanggan. Apalagi dengan adanya dukungan dari masyarakat sekitar.

‎"PLN akan terus bekerja keras untuk mewujudkan mimpi masyarakat yang belum berlistrik hingga ke pelosok," ujar Bob.

Sebelum listik masuk desa, masyarakat di Desa Maroko mengandalkan genset, sehingga penerangan pada malam hari terbatas. Sementara di Desa Pebassian yang notabene masyarakatnya adalah petani mengandalkan turbin air dan penerangan seadanya.

Adapun lokasi lainnya, yakni di Desa Dete dan Desa Kulati Pulau Tomia (isolated system) listrik baru menyala 4 jam, yaitu pukul 18.00-21.00 WITA. Akan tetapi, dengan ada listrik, kegiatan masyarakat yang sebagian besar adalah nelayan akan terbantukan. Apalagi dengan hadirnya genset baru berkapasitas 1 Mega Watt (MW) di PLTD Waha Tomia pada 4 September lalu, masyarakat akan segera menikmati listrik selama 24 jam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersaing Ketat dengan Rumania, Yuk #VoteVideoIndonesia!

Posted: 06 Sep 2017 09:12 PM PDT

Anda sudah #VoteVideoIndonesia di UNWTO Award? Sudah kunjungi link indonesia.travel/vote4id? Kalau belum, ayo luangkan waktu Anda selama lima menit saja untuk membantu Indonesia memenangkan Video Wonderful Indonesia sebagai Tourism Video Competition dengan kategori People's Choice Awards.

"Waktunya tinggal 5 hari lagi. Yuk #VoteVideoIndonesia. Pastikan kita memenangkan kompetisi ini. Satu suara Anda sangat bermakna buat untuk mengibarkan Wonderful Indonesia di level dunia," ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Periode voting akan berakhir pada 11 September 2017. Itu artinya, masih ada 5 hari lagi untuk memenangkan pertarungan sebelum voting ditutup pukul 09.00 WIB.

Per Selasa (5/9/2017) pukul 15.00, jumlah vote Video Wonderful Indonesia baru menembus angka 9 ribu. Masih kalah jauh dari Rumania yang sudah di-vote 15 ribu suara. Padahal, dari sisi jumlah penduduk, Rumania jauh lebih sedikit dari Indonesia. Jumlah penduduk Rumania hanya 20 juta, sedangkan Indonesia 258 juta. Angkanya 10 kali lebih banyak dari Rumania.

Pengguna internet aktif Indonesia juga berada jauh di atas Rumania. Seperti diketahui, Indonesia berada di peringkat enam pengguna internet terbesar dunia. Sementara itu, Rumania tidak melebihi urutan ke-25 besar. Jumlah riil pengguna internet di Indonesia mencapai 112 juta, lima kali lebih banyak daripada jumlah penduduk Rumania.

"Kalau kita bersinergi, tidak ada yang bisa mengalahkan Wonderful Indonesia. Kalau mau menang kita harus kompak, solid, dan maju serentak," ucap Arief.

Bagi yang belum vote, masih ada waktu lima hari lagi. Caranya pun mudah.

"Step-nya hanya empat. Pertama, klik indonesia.travel/vote4id.. Setelah itu, masukkan nama dan email. Kemudian, pilih video favorit Indonesia, lalu submit. Saya sudah coba. Sangat mudah dan enggak butuh waktu lama," kata Arief.

Mantan Dirut Telkom tersebut juga mengajak netizen untuk ikut meramaikan dengan tanda pagar #VoteVideoIndonesia.

"Ajak sahabat, kawan, karib, saudara, tetangga untuk ikut nge-vote. Karena memajukan Pariwisata sama dengan memajukan perekonomian bangsa ini," ujar Arief.

Kompetisi tersebut diadakan untuk menyambut event ke-22 UNWTO General Assembly yang akan digelar di Chengdu, China, pada September 2017. Dalam videonya, Indonesia menampilkan beberapa destinasi kenamaan dalam negeri, seperti Yogyakarta dan Bali. Cuplikan video tentang batik dan tarian Bali pun turut ditampilkan.

Selain itu, budaya adat Raja Ampat di Desa Sawingrai hingga panorama alam Sembalun di NTB turut dimasukkan di dalam video. Tak lupa juga Gili Trawangan dan Wakatobi yang populer akan keindahan alam bawah lautnya.

"Semua boleh membantu Wonderful Indonesia untuk memenangkan penghargaan, caranya dengan melakukan vote secara online di laman resmi UNWTO," ucap Arief.

Selain melakukan vote secara online, wisatawan juga diperbolehkan untuk menyebar tautan video Wonderful Indonesia di akun media sosial pribadi dengan disertai tagar #UNWTOGAChina.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film, Gisella Anastasia Malu Sama Ayah Mertua

Posted: 06 Sep 2017 09:10 PM PDT

Sukses bermain dalam film Cek Toko Sebelah, Gisella Anastasia pun mendapat penghargaan. Meski begitu, dirinya masih malu bila harus berdiskusi tentang film dengan mertuanya, Roy Marten. 

Padahal, seperti diketahui, mertua Gisella Anastasia adalah salah satu aktor legendaris Indonesia yang juga pernah meraih penghargaan. Pengalaman di dunia akting pun tak diragukan lagi. 

Gisella Anastasia alias Gisel bersama putrinya, Gempita Nora Marten. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Kalau ngomongin film sama Papa Roy belum pernah. Lagian aku malu kalau ngomongin film sama Papa," ungkap ibu satu anak itu di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Gisella Anastasia mengaku dirinya jarang bertemu dengan Roy Marten. "Aku jarang ketemu sama Papa juga. Jadi, kalau ketemu paling bahas soal keluarga aja," jelasnya.

Gisella Anastasia semakin mantap menapaki kariernya di dunia akting. Tahun ini saja dirinya terlibat dua layar lebar, yaitu Flight 555 dan Susah Sinyal.

Dengan begitu, Gisella Anastasia berharap, putri buah cintanya dengan Gading Marten itu bisa menjadi anak baik dan barmanfaat bagi orang lain. (Instagram/gisel_la)

Sebelumnya, wanita asal Surabaya ini dikenal sebagai penyanyi jebolan ajang pencarian bakat. Gisella Anastasia pun sukses mengiringi sketsa komedi di sebuah stasiun televisi dengan suara emasnya sebagai sinden.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jalan-Jalan Dwi Sasono dan Widi Be3 di Kota New York

Posted: 06 Sep 2017 09:10 PM PDT

Pasangan penyanyi dan aktor Widi Be3, Dwi Sasono, baru-baru ini berkunjung ke New York City. Bagi Widi, ini bukan pertama kalinya ia menginjakkan kaki di New York City, sementara untuk Dwi ini adalah kali pertama mengunjungi New York dan Amerika Serikat. Ternyata banyak sudut Kota New York yang menarik bagi pasangan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai 'Monster' Irma Hancurkan Bandara Populer di Karibia

Posted: 06 Sep 2017 09:02 PM PDT

Bandara yang terkenal dengan pendaratan pesawatnya yang ekstrem, Princess Juliana Airport, porak poranda akibat terjangan angin kencang saat badai Irma bergerak melintasi Karibia.

Seperti dikutip dari News.com.au, Kamis (7/9/2017), bandara itu berada sangat dekat dengan Pantai Maho di Sint Maarten yang dikuasai Belanda -- lokasi populer bagi para pengunjung pantai menyaksikan pesawat terbang berada sangat dekat di atas kepala sebelum mendarat.

Gambar-gambar yang beredar menunjukkan Bandara Internasional Princess Juliana hancur setelah diterjang angin kencang yang embusannya mencapai 297 km per jam di St Martin --  sebuah pulau di Karibia yang terbagi beberapa kepemilikian di antaranya Prancis dan Belanda.

St Martin yang dekat dengan Anguilla di Karibia, terbagi antara wilayah Belanda Sint Maarten dan wilayah Prancis Saint-Martin.

Badai Irma menyebabkan batu-batu besar menghantam pesawat yang parkir. Setidaknya satu dari jembatan jet runtuh dan pasir serta puing-puing dari Pantai Maho tersapu ke landasan pacu.

Setelah badai Irma melintas, kerusakan parah pada terminal bandara pun terlihat. Di dalam bandara, area check-in kebanjiran.

Bagian dalam Bandara Princess Juliana di Karibia yang banjir akibat terjangan Badai Irma. (Twitter/bondtehond)

Bandara Princess Juliana menghentikan semua operasi pada Selasa, 5 September waktu setempat, saat badai Irma mendekati Karibia.

"Kami menyesalkan ketidaknyamanan yang terjadi, tapi harus ditekankan bahwa keselamatan dan keamanan adalah prioritas nomor satu di Bandara SXM," kata chief operating officer, Michel Hyman.

Berikut ini rekaman kondisi Bandara Princess Juliana yang porak poranda akibat terjangan badai Irma.

Sedikitnya enam orang tewas di bagian pulau milik Prancis --sebelumnya disebutkan dua orang, demikian pihak berwenang mengonfirmasi pada Kamis.

"Seorang korban dilaporkan tewas di pulau wisata St Barts yang populer," imbuh pihak Prancis.

"Situasi di St Martin dan St Barts dramatis -- tidak ada air minum, listrik, bangunan publik tidak dapat digunakan, rumah-rumah banyak yang hancur," kata Prefek (pemimpin wilayah) Guadeloupe, Eric Maire.

"Kami memperkirakan bahwa sekitar 60 atau 70 persen rumah hancur di St Martin."

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron memperingatkan bahwa hantaman badai Irma di Karibia amat keras dan kejam, Kerusakan yang terjadi di kedua pulau cukup besar.

"Rencana rekonstruksi nasional akan dilaksanakan sesegera mungkin," kata Macron.

Badai Irma yang masuk Kategori 5 --level tertinggi-- telah menerjang kepulauan Karibia dengan embusan angin kuat 297 km per jam. Selanjutnya, angin bergerak ke Florida dan kemungkinan berpotensi menimbulkan bencana di sana.

Irma, badai Atlantik terkuat dalam satu dekade ini menghancurkan rumah-rumah dan membanjiri jalan, lalu melintasi rangkaian pulau-pulau kecil di Karibia utara. Melewati langsung Barbuda dan menyebabkan pulau yang berpenduduk 1.700 orang terputus dari akses komunikasi serta listrik.

Menjelang terjangan Badai Irma, American Airlines mengatakan akan mulai menutup operasinya di Miami, Fort Lauderdale, Fort Myers, Sarasota dan West Palm Beach pada Jumat sore. Selain itu penerbangan maskapai tersebut juga akan dibatalkan hingga akhir pekan.

Sementara JetBlue Airways mengatakan telah membatalkan sekitar 130 penerbangan.

Amerikan Airlines, JetBlue, United, dan Delta juga menawarkan pelanggan untuk mengubah rencana perjalanan ke Florida dan Karibia tanpa biaya tambahan.

Perkiraan wilayah yang akan dilewati Badai Irma. (BBC)

Sebelumnya, JetBlue, American Airlines, dan Delta dipuji karena melakukan banting harga tiket sehingga orang bisa melarikan diri dari Florida sebelum badai Irma tiba. Ketiga maskapai tersebut mengatakan kenaikan harga baru akan berlaku sampai 13 September.

Delta sebelumnya dituduh menaikkan harga, setelah seorang penumpang mengunggah status di Twitter. Sang penumpang mengaku membeli tiket dari Miami ke Phoenix dengan harga 600 persen dari harga sebelumnya. Ia menuduh maskapai tersebut berusaha menangguk untung dari bencana.

Pihak Delta kemudian mengatakan bahwa hal itu karena kesalahan teknis. Namun, publik telanjur marah dan menyebarkannya ke media sosial. Komedian Chelsea Handler bahkan ikut serta meminta boikot Delta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Potong Kaki Istri di Bali, Bagaimana Kondisi Si Buah Hati?

Posted: 06 Sep 2017 09:02 PM PDT

Peristiwa suami memotong kedua kaki istrinya di Denpasar, Bali, ternyata disaksikan oleh anak mereka yang baru berusia 9 tahun. Anak kelas 4 SD itu dikabarkan dalam kondisi sehat secara fisik.

"Kondisinya sehat. Tapi, pastinya trauma karena melihat ayah dan ibunya cekcok seperti itu," kata Kapolres Badung AKBP Yudith Satriya Hananta kepada Liputan6.com, Kamis (7/9/2017).

Menurut Yudith, polisi akan menjadikan anak pasangan tersebut sebagai saksi jika situasi sudah memungkinkan. Kini, anak tersebut dalam pengasuhan kerabat pasangan itu.

Sementara itu, Yudith mengatakan Kadek AP (36), pemotong kaki istrinya Ni Putu K (29) hingga putus, dalam keadaan sadar saat diperiksa di Mapolres Badung. Ia menyebut tindakan keji itu dilatari kecemburuan walau tak dijelaskan detail.

"Dia emosi, sehingga dia melakukan tindakan itu," kata dia.

Ia juga menyatakan aksi suami potong kaki istrinya berlangsung spontan. Kadek, sebut dia, memotong kaki istrinya dengan parang yang tersimpan di dalam kamar kos tempat tinggal mereka.

Sebelumnya, Kadek AP (36) tega memotong kedua kaki sang istri Ni Putu K (29) hingga putus. Peristiwa tersebut terjadi pada Selasa sore, 5 September 2017, di rumah kos tempat keduanya tinggal selama ini.

"Peristiwa terjadi sore kemarin di Banjar Umabuluh, Canggu, Kabupaten Badung," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombes Henky Widjaja, Rabu, 6 September 2017.

Kejadian itu bermula saat pasangan itu cekcok mulut. Pertengkaran keduanya memancing rasa penasaran para tetangga. Namun, karena Kadek menenteng senjata tajam, tetangga akhirnya mengurungkan niat untuk mendekati tempat tinggal pasangan itu.

Tidak lama kemudian, Kadek mengetuk pintu rumah salah satu tetangga dan memintanya agar ia mengantar istrinya ke rumah sakit. Betapa terkejutnya tetangganya saat melihat potongan kaki kiri tergeletak di halaman depan kamar kos korban.

Sambil bertanya-tanya, tetangga itu langsung membawa Ni Putu ke rumah sakit dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

"Pelaku sudah kita amankan dan saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif. Sejumlah barang bukti kita amankan, di antaranya golok yang digunakan menebas kaki korban dan potongan kaki milik korban," tutur Hengky.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Transaksi Baru Tol Jagorawi Berlaku Besok

Posted: 06 Sep 2017 09:00 PM PDT

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan akan mengubah sistem transaksi di Jalan Tol Jagorawi, berlaku mulai Jumat, 8 Desember 2017, pukul 00.00. Skema ini ditetapkan melalui SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 692/KPTS/M/2017.

Dalam rilis pers yang diterima Liputan6.com, disebutkan bahwa sistem transaksi berubah menjadi Sistem Transaksi Terbuka dengan sistem pentarifan tol merata dari ruas Cawang sampai dengan Bogor/Ciawi.

Sebagaimana diketahui para pengguna Tol Jagorawi, sebelumnya sistem transaksi yang diberlakukan saat ini campuran, antara Sistem Transaksi Terbuka dan Tertutup.

Sistem Transaksi Terbuka, dengan pentarifan tol merata, diberlakukan di ruas Cawang-Taman Mini/Dukuh. Sementara Sistem Transaksi Tertutup, dengan sistem pentarifan tol proporsional (sesuai jarak) diberlakukan di ruas Simpang Susun Cimanggis sampai dengan Bogor/Ciawi.

Adapun penetapan tarif baru sebagai berikut: Gol I Rp 6.500, Gol II Rp 9.500, Gol III Rp 13.000, Gol IV Rp 16.000, Gol V Rp 19.500. Sebagai pembanding, pada skema lama, Gol I harus membayar Rp 8.500, Gol II Rp 11.000, Gol III Rp 15.000, Gol IV Rp 19.999, dan Gol V Rp 22.500.

Untuk mempercepat proses transaksi pembayaran, pengguna jalan tol diimbau untuk menggunakan uang elektronik. Pembayaran dapat dilakukan dengan e-Toll, e-Money (Bank Mandiri), Brizzi (BRI), TapCash (BNI), dan Blink (BTN) pada seluruh gerbang tol.

Pihak Jasa Marga sendiri akan melakukan penjualan uang elektronik secara rutin di seluruh gerbang tol. Mereka juga menyiapkan proses isi ulang (top up) secara tunai di dalam gardu yang dapat dilakukan pada GT Cibubur 1 (gardu 2) dan GT Cibubur 2 (gardu 9).

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Masa transisi pemberlakuan aturan baru ini ditetapkan mulai hari ini (7/9) pukul 23.30. Maksudnya transisi adalah bagaimana Jasa Marga mengatur pengguna jalan tol yang menggunakan akses Jagorawi di masa pergantian hari.

Transaksi ke arah Bogor

Pukul 23.30 sampai 24.00 di Gerbang Tol Masuk Arah Bogor, pengguna akan diberikan KTM. Ini dilakukan karena setelah pukul 24.00, peralatan tol di gardu keluar sudah diubah menjadi peralatan tol Sistem Transaksi Terbuka, sehingga tidak bisa lagi membaca Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME).

Kemudian mulai pukul 00.00, di Gerbang Tol Keluar Arah Bogor, pengguna jalan yang tidak membawa KTM dikenai tarif tol merata. sementara untuk mereka yang membawa KTM dikenai tarif proporsional.

Transaksi ke arah Jakarta

Ini mirip dengan transaksi ke arah Bogor. Pukul 23.30 sampai dengan 24.00, di Gerbang Tol Masuk Arah Jakarta, pengguna akan diberikan KTM (Kartu Tanda Masuk). Sebab setelah pukul 24.00, peralatan tol tidak lagi dapat membaca KTME.

Lalu mulai 00.00, di Gerbang Tol Masuk Arah Jakarta, pengguna akan dikenai tarif tol merata dan diberikan kartu khusus sebagai tanda sudah bayar di gardu masuk, yang harus diberikan kepada petugas di gardu keluar.

Sementara mereka yang masuk setelah pukul 00.00 ke Gerbang Tol Keluar Arah Jakarta, mereka akan dikenai tarif proporsional jika membawa KTM. Sementara yang tidak bawa atau tidak punya, tidak dikenai bayar tol kalau menyerahkan kartu khusus yang didapat di gardu masuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Fakta Kekejaman Korea Utara, Polisi Banting Ibu

Posted: 06 Sep 2017 09:00 PM PDT

Korea Utara merupakan negara yang sangat kontroversial. Negara yang dipimpin Kim Jong-un ini kerap membuat negara lain merasa terancam dengan uji coba senjata canggihnya.

Namun, tidak banyak yang diketahui masyarakat dunia tentang negara ini. Itu karena, Korea Utara cenderung menutup diri dari negara-negara yang dianggap musuh.

Selain itu, pemerintah Korea Utara juga menerapkan aturan yang keji pada warganya. Bahkan, tak jauh berbeda dengan Jerman saat dipimpin Hitler.

Artikel seputar 10 fakta kekejaman Korea Utara menjadi yang paling banyak dikunjungi pembaca Citizen6, Liputan6.com.

Selain itu, artikel tentang polisi yang tega membanting seorang ibu yang menggendong anaknya menempati urutan kedua sebagai artikel paling populer.

Berikut top 3 Citizen6:

1. 10 Fakta Kekejaman di Korea Utara, Beruntung Tak Jadi Warga Sana


Tahukah kamu pada dasarnya Korea, terutama bagian Utara, memiliki aturan keji tak jauh seperti saat Jerman dipimpin oleh Hitler.

Kita patut bersyukur karena belum pernah tinggal di sana. Ada beberapa fakta menyeramkan yang menunjukkan betapa mengerikannya tinggal di Korea Utara.

Selangkapnya..

2. Sadis, Polisi Tega Banting Ibu yang Gendong Bayi ke Jalan


Sebuah video yang beredar di media sosial merekam detik-detik seorang perempuan yang sedang menggendong anak bayinya dijatuhkan ke jalan oleh dua petugas polisi.

Sang ibu pada awalnya terlihat sedang berargumen dengan salah seorang polisi tersebut. Kemudian ia semakin mendekati polisi itu hingga mencoba mendorongnya.

Selengkapnya..

3. 7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini

Sebuah buku berjudul "Shatter Your Senses" memperlihatkan hal-hal aneh yang ada di dunia. Buku tersebut berasal dari serial "Ripley's Believe It Or Not!" yang laris beberapa waktu lalu. Sebagian dari kita mungkin tidak menyadari bahwa hal-hal aneh tersebut dapat terjadi. Karena itu, buku dari ini dibuat untuk memperlihatkan sisi lain dari dunia.

Minggu lalu, buku tersebut baru saja didistribusikan ke beberapa toko buku. Di Amazon, harga buku tersebut dijual dengan harga 14.97 dollar atau sekitar 190 ribu rupiah. Inilah beberapa hal aneh yang ada di buku terbitan Ripley Publishing.

Selengkapnya..

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan KA Bandara Soetta Capai 82 Persen

Posted: 06 Sep 2017 09:00 PM PDT

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memantau kemajuan pembangunan jalur Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Rabu 6 September 2017. Dia juga sempat mengunjungi Stasiun Batuceper, Kota Tangerang serta lokasi proyek pemasangan rel kereta yang menuju Bandara Soetta.

"Dari apa yang saya lihat, satu sisi pembebasan lahan untuk proyek ini sudah selesai," ujar Budi Karya saat ditemui di Batuceper Kota Tangerang, seperti ditulis Kamis (7/9/2017).

Meski dirasa pembebasan lahan sudah selesai, Budi Karya mengaku ada satu pekerjaan yang dirasa rumit, yakni membuat rel jalur dengan meninggikan elevasi setinggi 8 meter.

"Dan itu dilakukan dengan pengurukan. Saat ini masih ada 5 kilometer yang masih dielevasi, tapi beberapa satu kilometer sudah jadi," ucap dia.

Dia pun meminta agar pengerjaan proyek ini dipercepat. Baik itu dalam segi pembangunan stasiun maupun jaringan jalannya. Sebab, mantan Direktur AP II ini mengaku sudah mendapat laporan bila sarana atau kereta bandaranya sudah berada di Stasiun Manggarai.

"Dalam waktu dekat, saya akan ke sini (Batuceper) lagi, saya mau lihat lagi progresnya seperti apa. Saya yakin kontraktornya, yaitu Waskita, dapat menyelesaikan proyek ini," kata Budi Karya.

Pembangunan jalur Kereta Bandara Soetta ditargetkan rampung pada November 2017. Untuk mencapai itu, Budi Karya mengaku pengerjaan sudah 82 persen. Sementara sisanya sekitar 18 persen adalah pengerjaan yang paling sulit.

"Karena urukan untuk rel harus dilakukan bertahap dari jalur yang cuma satu," ungkapnya.

Pengerjaan dalam proyek ini juga dilakukan pada malam hari. Lantaran angkutan barang-barang dapat menyebabkan kepadatan lalu lintas jika dilakukannya pada siang hari.

"Paling tinggi itu jalurnya ada di Daan Mogot yang sampai 8 meter, selama ini tidak ada kendala. Semua terase sudah terkoneksi," tutur dia. (Pramita Tristiawat/Yas)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkirakan, kereta bandara Soekarno-Hatta akan beroperasi pada September 2017. Perkiraan tersebut molor dari target awal yaitu Juli 2017. Molornya pengoperasian kereta bandara ini karena menunggu kesiapan stasiun Manggarai, Jakarta.

Direktur Utama‎ Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro mengatakan, dirinya memang sedikit ragu kereta bandara bisa beroperasi sesuai dengan target. Alasannya, KAI membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk menyiapkan Stasiun Manggarai.

‎"Kami menunggu penyelesaian kesiapan di stasiun Manggarai. Dari awal sudah diperkirakan tidak mungkin Juli," kata Edi, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 8 Juni 2017.

Selain itu, rangkaian kereta bandara juga baru akan tiba pada Juli. Setelah tiba, KAI harus merakit terlebih dahulu. Oleh karena itu, Edi memperkirakan, kereta bandara dapat beroperasi pada September 2017.

Rute kereta bandara dari Jakarta menuju Bandara Soekarno Hatta berangkat dari Stasiun Utama Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri- Stasiun Batu Ceper-berakhir di Stasiun Bandara Soetta. Totalnya sepanjang 36,4 kilometer (km).

Dari Stasiun Batu Ceper menuju Stasiun Bandara akan menggunakan jalur kereta baru sepanjang 12,1 km, sedangkan sisanya adalah jalur yang telah ada dari Stasiun Manggarai-Stasiun Batu Ceper.

Operator kereta Bandara Soetta adalah PT Railink, anak usaha PT KAI dan pembangunnya bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II (Persero).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPN Repdem Minta Laporan atas Dandhy Dipertimbangkan

Posted: 06 Sep 2017 09:00 PM PDT

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), Masinton Pasaribu, berkomentar soal pelaporan aktivis dan jurnalis Dandhy Dwi Laksono oleh DPD Repdem Jawa Timur. Menurutnya, pelaporan itu murni inisiatif DPD Repdem Jatim.

"Saya menyampaikan supaya mohon dipertimbangkan kembali (laporan itu)," kata Masinton ketika berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (7/9/2017).

Pelaporan itu dilakukan DPD Repdem Jawa Timur terkait dugaan pencemaran nama baik terhadap Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo melalui Facebook.

Masinton menolak berkomentar apakah tindakan struktur di organisasi yang dipimpinnya berlebihan atau tidak. Menurut Masinton, mereka punya argumentasi sendiri.

"Saya enggak bisa menilai anggota," imbuhnya.

Di sisi lain, ia menilai, PDIP, Megawati, dan Jokowi sudah berkali-kali mendapat serangan. Caranya pun, kata dia, provokatif.

Karena itu, arus bawah Repdem bereaksi. Masinton menilai DPD Repdem Jawa Timur hanya membela institusi partainya.

"Saya memahami kegelisahan dan kemarahan kader," kata Masinton.

Saksikan Video Menarik di Bawah ini:

Namun begitu, Masinton ingin mengedepankan aspek dialog untuk menyelesaikan masalah. Ia tengah mengupayakan bertemu dengan Dandhy Dwi Laksono.

Anggota Komisi III DPR ini menyatakan mengontak seorang teman Dandhy untuk memfasilitasi pertemuan. Ia berharap dialog akan mencapai solusi.

"Nanti kami dialog dulu, biar bisa jadi bahan pertimbangan (DPD Repdem Jawa Timur)," Masinton berujar.

Ia menilai sikap DPN Repdem dan DPD Jawa Timur hanya perbedaan cara. "Kecuali cara dialog tidak menemukan kesesuaian, baru tempuh cara lain," pungkasnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitur Baru Berbalas Komentar Instagram Meluncur di Indonesia

Posted: 06 Sep 2017 09:00 PM PDT

Instagram bulan lalu merilis fitur baru untuk berbalas komentar seperti yang ada pada Facebook. Melalui kehadiran fitur ini, para pengguna bisa membuat kolom percakapan secara langsung di bawah sebuah komentar.

Pantauan tim Tekno Liputan6.com, Kamis (7/9/2017), para pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa mencicipi fitur baru tersebut. Saat diumumkan pada pertengahan bulan lalu, belum semua pengguna Instagram bisa menggunakan fitur itu.

Cara menggunakan fitur baru ini sangat mudah. Ketika para pengguna meng-klik "reply" untuk menanggapi sebuah komentar, pesan-pesan itu akan dikelompokkan menjadi sebuah thread.

Sebelum adanya fitur baru ini, semua balasan untuk sebuah komentar muncul di kolom komentar secara acak.

Para pengguna Instagram di Indonesia kini membuat kolom percakapan secara langsung di bawah sebuah komentar.

Lebih lanjut, Instagram merupakan media sosial yang cukup sering meluncurkan fitur baru. Stories merupakan salah satu fitur yang paling banyak menyedot perhatian, terutama karena dinilai meniru fitur serupa yang ada pada Snapchat.

Instagram sendiri memberikan perhatian yang cukup besar kepada Stories, termasuk merilis berbagai fungsi baru untuk layanan tersebut. Menurut laporan terbaru, Instagram sedang menyiapkan Stories agar bisa diakses melalui komputer alias desktop.

(Din/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: