Minggu, 17 September 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bonucci Diyakini Bakal Sukses di AC Milan

Posted: 17 Sep 2017 10:05 PM PDT

Bintang baru AC Milan, Leonardo Bonucci, mendapat dukungan dari mantan bintang Juventus, Alessio Tacchinardi. Tacchinardi percaya, bersama I Rosonerri, Bonucci akan mampu membuktikan kemampuannya.

Bonucci meninggalkan Juventus untuk bergabung dengan AC Milan pada bursa transfer musim panas 2017. Bek 30 tahun itu pergi setelah tujuh tahun memperkuat I Bianconeri.

Tacchinardi menganggap kepindahan itu membawa tantangan tersendiri untuk Bonucci. Penggawa timnas Italia tersebut harus membuktikan jika dirinya tidak tergantung mantan rekan-rekan satu timnya.

"Bonucci merupakan pemain hebat, tetapi saya ingin melihat kemampuan sebenarnya musim ini," kata Tacchinardi pada salah satu acara televisi.

"Pada akhir musim nanti, kita akan melihat apakah Bonucci benar-benar hebat, atau para pemain Juventus yang membuatnya terlihat bagus," lanjutnya.

Bersama AC Milan, Bonucci langsung ditunjuk sebagai kapten tim. Mantan pemain Inter Milan itu juga menjadi pemain dengan gaji termahal di Italia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

Sebelumnya, Bonucci sendiri sempat dihujani kritik, terutama dari suporter AC Milan. Usai I Rossoneri dibantai Lazio 1-4 dalam lanjutan Serie A di Stadion Olimpico, pekan lalu, Bonucci menjadi pemain yang paling banyak dicemooh.

Untungnya, ketika itu dia mendapat dukungan langsung dari CEO Milan, Marco Fassone. Menurut Fassone, tidak tepat mengkritik Bonucci karena sang pemain baru bergabung.

"Saya agak sedikit menyesal atas kritik yang terfokus padanya lebih dari yang lain. Bonucci adalah kapten dan pemimpin tim," kata Fassone, ketika itu, seperti dilansir calciomercato.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Swasta Boleh Garap Proyek Rp 100 M Dorong Sektor Infrastruktur

Posted: 17 Sep 2017 10:05 PM PDT

Badan Pengurus Pusat Gabungan Pelaksana Kontsruksi Indonesia (BPP Gapensi) mengusulkan agar plafon proyek pemerintah yang tidak boleh digarap Badan Usaha Milik Negara BUMN dan usaha besar naik dari Rp 50 miliar menjadi Rp 100 miliar.

Kenaikan ini dinilai ampuh untuk mendorong peran swasta di daerah untuk menggarap proyek infrastruktur, utamanya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kalau akhir-akhir ini ada hiruk-pikuk minimnya peran swasta, itu memang ada benarnya. Plafon Rp 100 miliar ini sangat tepat untuk mendorong swasta dalam menggarap infrastruktur. Respons pemerintah sangat positif penerapannya tahun depan," ujar Sekjen BPP Gapensi Andi Rukman Karumpa di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Andi mengatakan, sebelumnya, plafon nilai proyek pemerintah yang tidak boleh digarap perusahaan negara atau perusahaan besar adalah kurang dari Rp 50 miliar. Sebab itu, Gapensi telah mengusulkan kenaikan nilai plafon.

Dia  menilai, plafon proyek Rp 100 miliar ini, tidak saja mampu melindungi kontraktor lokal, namun juga mempertegas segmentasi pasar konstruksi.

"Tentu plafon ini akan mempertegas implementasi dari segmen konstruksi nasional," ujar dia. 

Adapun segmentasi pasar konstruksi telah diatur dalam Perpres 54/2010 dan Permen PU Nomor 31 Tahun 2015. Keduanya mengatur segmentasi pasar proyek konstruksi yakni usaha konstruksi kecil menggarap proyek pemerintah dibawah Rp 2,5 miliar, menengah-1 sebesar Rp 2,5 hingga Rp 50 miliar, menengah-2 sebesar Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar. Sedangkan besar dan asing menggarap proyek diatas Rp 100 miliar.

Sebagaimana diketahui sebelumnya perusahaan BUMN dilarang menggarap proyek konstruksi pemerintah di bawah Rp 50 miliar. Tujuannya untuk membuka kesempatan kepada pengusaha daerah untuk menjadi pelaku usaha di daerahnya sendiri.

Selain itu, kesepakatan antara Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN ini ditujukan mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektifitas daerah.

Tonton Video Pilihan Ini:

 

 

Dia mengatakan, plafon Rp 100 miliar dapat juga mencegah kesenjangan penguasaan pasar konstruksi antara usaha kecil, menengah dan besar. Pasar konstruksi nasional masih dikuasai oleh segelintir perusahaan besar.

"Yang besar-besar tidak banyak tapi dia kuasai 87 persen pangsa pasar. Sedangkan kontraktor lokal dan kecil-kecil hanya 6 persen," ujar Andi.

Sebab itu, guna memperkecil kesenjangan pasar tersebut, perlu ditingkatkan plafon pasar yang tidak boleh digarap oleh BUMN dan usaha besar. Selain itu, kemitraan antara kontraktor kecil dan menengah dengan pengusaha besar harus naik.

"Kesenjangan ini harus segera diperpendek dengan regulasi sesuai dengan nawacita. Tujuannya, untuk meningkatkan kemitraan antara kecil, menengah berupa kesempatan join operation dengan penyedia jasa kualifikasi dengan yang besar," pungkas Andi.

Andi mengatakan, sektor konstruksi memiliki konstribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi yakni sebesar 10,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional pada tahun lalu dan memiliki multiplier effect terhadap sektor lain.

Bahkan pasar konstruksi Indonesia merupakan pasar konstruksi terbesar di Asia Tenggara dan nomor 4 terbesar di Asia, setelah China, Jepang dan India.

Pada 2017, pemerintah mengalokasikan total belanja infrastruktur  secara nasional sebesar Rp 387 triliun dan sebesar Rp 101,4 triliun dikelola Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR melakukan pelelangan dini sejak tahun lalu dan hasilnya hingga Januari 2017 sebanyak 2.768 paket telah terkontrak dengan nilai Rp 41,4 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Bayi Pengidap Hidrosefalus Usai Ditinggalkan Kembaran

Posted: 17 Sep 2017 10:02 PM PDT

Muhamad Husen Abidin, bayi berusia lima bulan didiagnosis menderita penyakit hidrosefalus.  Anak pasangan Apat dan Karyati (44) itu mengalami penumpukan cairan pada rongga otak hingga kepalanya membesar sebesar bola sepak.

Ibu bayi yang merupakan warga Kampung Pasirgoong, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Garut, Jawa Barat, mengatakan penyakit yang dialami Husen diketahui sejak pertama kali dilahirkan. Saat itu, Husen terlahir kembar bersama Hasan yang terlebih dulu meninggal dunia.

"Saya awalnya bingung ketika mau memasukkan anak ke RSU Garut, lantaran tidak memiliki biaya, namun akibat terus membesar ya bagaimana lagi," ujarnya, Sabtu, 16 September 2017.

Dengan keterbatasan yang ada, ia berusaha mencari peluang untuk kesembuhan sang putra. Kepala desa setempat tersentuh atas perjuangan ibu sang bayi hingga bersedia membantu merujuk pengobatan Husen ke Bandung.

"Sejak Subuh kemarin, anak saya sudah berada di RSHS Bandung untuk mendapatkan perawatan," ujarnya.

Ia mengaku bantuan dari Pemerintah Desa bisa meringankan beban biaya pengobatan penyakit yang diderita anaknya. Meski begitu, ia kini kebingungan menutupi besarnya biaya hidup selama anaknya berobat di rumah sakit.

"Sekarang tinggal berusaha bagaimana buat makan dan kebutuhan sehari-hari kami selama pengobatan anak saya," ujarnya.

Ia berharap anaknya bisa sembuh total dan kembali ceria. "Semuanya sudah saya serahkan sama Allah, tinggal menunggu hasilnya setelah perawatan ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Cibatu, Dadang Sulaeman, mengatakan awalnya kedua orangtua pasangan tidak mampu itu, kebingungan melihat kondisi kepala anaknya yang terus membesar setiap hari. Namun, dengan bekal Kartu Indonesia Sehat (KIS), Husen bisa dirujuk ke RSHS Bandung.

"Karena memang membutuhkan biaya yang sangat besar, kami pun pemerintah desa memiliki kewajiban meringankan beban keluarganya. Tadi subuh kita berangkat bersama keluarganya," ujar Dadang.

Ia mengakui, selama ini orangtua pasien tergolong warga tidak mampu. Sang ayah hanya seorang buruh dengan penghasilan tidak menentu.

"Setelah didiagnosa, selain menderita penyakit hidrosefalus, Husen juga mengidap komplikasi hernia, yang setiap hari mengalami pembesaran. Jadi, biayanya cukup besar," kata dia.

Dengan kondisi itu, Dadang berharap ada uluran tangan pihak lain untuk meringankan beban salah satu warganya itu. "Mungkin dari pemirsa dompet SCTV yang mau membantu, tentu sangat berarti bagi mereka," kata Dadang yang ditujukan untuk salah satu warganya itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Benda Kutukan, Suami Setia, Kafe Kucing di Kereta

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Keberadaan alam gaib serta benda kutukan tidak dipercaya semua orang. Itu karena, keberadaan dua hal ini sulit untuk dibuktikan.

Walau demikian, kejadian-kejadian gaib yang memang sulit dijelaskan dengan logis kerap terjadi. Selain itu ada juga benda-benda yang mampu mendatangkan malapetaka bagi pemiliknya.

Artikel seputar benda-benda yang berisi kutukan ini menjadi yang paling banyak dikunjungi pembca Citizen6, Liputan6.com.

Selain itu, artikel yang menceritakan kesetiaan seorang suami terhadap istrinya yang lumpuh menenmpati urutan kedua yang paling banyak dibaca. Diikuti artikel tentang kafe kucing yang menggemaskan di dalam kereta.

Berikut top 3 Citizen6:

1. Tak Boleh Dimiliki Sembarang Orang, 5 Benda Ini Datangkan Kutukan


Meski banyak yang tidak percaya akan alam gaib dan kutukan, nyatanya beberapa benda dipercayai dapat mendatangkan malapetaka bagi pemiliknya. Begitu pula lima benda berikut ini. Siapa yang memilikinya, diyakini akan terkena kutukan.

Selengkapnya..

2. Suami Setia, Tak Tinggalkan Istrinya Meski Lumpuh Total

Pasangan satu ini memang menginspirasi banyak orang. Bagaimana tidak, sang suami rela melakukan apapun untuk kebahagiaan istrinya. Kisah cinta mereka pun menuai perhatian banyak warganet. Meski istrinya sakit dan lumpuh total, sang suami tetap berada di sampingnya dan selalu menopang kesusahan istrinya.

Suami yang akrab dipanggil Jingxin ini selalu membawa istrinya kemana pun. Karena rasa cinta yang begitu besar pada sang istri, pria yang memiliki nama lengkap Guo Jingxin ini membuatkan kendaraan bak rumah untuk ia dan istrinya tempati. Bermodalkan motor beroda tiga, ia menyulapnya menjadi istana sederhana bagi istrinya.

Selengkapnya..

3. Menggemaskan, Kafe Kucing di Kereta Jadi Buruan Warga


Kabar bahagia bagi para pecinta kucing. Baru-baru ini Jepang meluncurkan Kafe Kucing berjalan dengan menggunakan alat transportasi kereta.

Bisa jadi, inilah kafe kucing di kereta pertama yang diluncurkan di dunia. Tak heran saat pertama kali diluncurkan, kafe kucing ini langsung viral di media sosial. Terlebih pemesanan tiket kereta pun langsung ludes diburu pecinta kucing

Selengkapnya..

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Mengaku Kantongi Kelemahan Bali United

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Persib Bandung siap menghadapi tim papan atas klasemen Liga 1, Bali United. Asisten pelatih Persib, Herrie Setyawan, mengatakan tim pelatih telah mempelajari gaya bermain Serdadu Tridatu dan menyiapkan strategi untuk menjegal sang lawan.

"Insya Allah kami bakal berusaha semaksimal mungkin karena ingin mendapat hasil positif. Kami ingin menjaga tren positif di putaran kedua ini apalagi main di kandang," ujar Herrie, Minggu (17/9/2017).

Persib memang dijadwalkan berhadapan dengan Bali United di lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia. Tim Maung Bandung akan menjamu tim asuhan Widodo Cahyono Putra itu di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (21/9/2017)

Herrie tak menampik, Bali United FC merupakan tim yang kuat. Sebagai buktinya, kini bertengger di posisi kedua klasemen Liga 1 dengan total 48 poin dari 24 pertandingan.

Bali United juga sangat produktif dengan torehan 54 golnya. Herrie pun menyebut, tim yang pernah dilatih Indra Sjafri itu memiliki lini depan yang menakutkan.

"Mereka punya banyak pemain bagus. Bali United juga sangat mengandalkan permainan kolektif dan agresif," ujar Herrie lagi.

Namun, sekali lagi, Herrie menambahkan, bahwa Persib telah mengantisipasi kekuatan dan kelemahan Bali United. Termasuk mencari cara meredam para penyerang lawan.

"Kami persiapkan semua dalam latihan nanti. Kami masih memiliki beberapa hari buat mematangkan semua," Herrie menegaskan.



Belakangan, di bawah asuhan Widodo, Bali United memang telah menjelma jadi kekuatan tersendiri di ajang Liga 1. Selain menduduki papan atas klasemen, permainan mereka juga apik, enak dilihat.

Terakhir, Bali United mengempaskan Persija Jakarta. Tim kebanggaan masyarakat Jakarta itu ditekuk 2-1 lewat gol Sylvano Dominique dan Irfan Bachdim di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (15/9).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Dilakukan Natalie Sarah di Detik-Detik Kematian Ibunda

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Ibunda Natalie Sarah, Nurmiati Siahaan, meninggal dunia pada Minggu (17/9/2017) pukul 17.30 WIB di Rumah Sakit Dharmais, Jakarta. Sang ibunda tutup usia setelah berjuang melawan sakit kanker payudara dan komplikasi penyakit lainnya, seperti stroke.

Komplikasi inilah yang membuat kesehatannya kian menurun. Tak banyak aktivitas yang bisa dilakukan ibunda Natalie Sarah di pengujung usianya, selain berbaring di tempat tidur.

Sebagai wujud kasih dan sayang, Natalie Sarah dengan penuh kesabaran mengurus dan mendampingi sang ibu hingga mengembuskan napas terakhirnya.

"Dari kemarin sejak dua minggu, setiap dia sakit saya yang anter ke rumah sakit, saya yang urus. Sampai kemarin dia tidak berdaya saya yang ngelapin. Jadi sampai detik ini pas terakhir (ibu mau meninggal) saya yang merawat sendiri," kata Natalie Sarah kepada wartawan melalui telepon, Minggu (17/9/2017) malam.

Sebelum meninggal dunia, Nurmiati Siahaan sempat menyampaikan pesan kepada Natalie Sarah, untuk dijalankan setelah meninggal dunia.

"Suruh jaga adik-adik aja. Terus kalau soal warisan jangan berantem, rumah jangan dijual. Itu pesan terakhirnya, semoga beliau diterima di sisi Tuhan," ujar Natalie Sarah.

Premier film Spider-Man (Nurwahyunan/bintang.com)

Jenazah saat ini sedang disemayamkan di rumah duka di kawasan Perumnas Klender, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur. Rencananya pemakaman akan dilakukan di TPU Pondok Ranggon, Senin (18/9/2017) sore.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Laki-laki Juga Rentan Jadi Korban Kejahatan Seksual

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Sasaran konten video pornografi anak tidak hanya menyasar pada anak-anak perempuan saja. Kini, anak laki-laki juga rentan menjadi korban konten video porno.

Terlebih lagi, adanya kasus Video Gay Kids (VGK) yang berisi hubungan seksual anak laki-laki dengan sesama jenis--yang termasuk dalam kejahatan seksual.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pornografi dan Cyber Crime, Margaret Aliyatul Maimunah menanggapi hal tersebut.

"Saya melihat adanya tren yang bergeser antara posisi anak laki-laki dan perempuan. Kalau dulu kan, anak perempuan dianggap paling rentan jadi korban kejahatan seksual ini. Sekarang, anak laki-laki juga ikut rentan," ungkap Maimunah ketika dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (18/9/2017).

Korban video pornografi anak ini terdiri dari anak laki-laki yang masih sekolah di SD dan SMP. Mereka dipaksa berhubungan seks dengan sesama laki-laki.

 

Simak video menarik berikut ini:

Dalam tindak lanjutnya, KPAI berharap para pelaku penyebaran video pornografi anak dihukum berat.

"Adanya hukuman berat ini menjadi peringatan untuk yang lain (pelaku kejahatan seksual) agar tidak melakukan tindak kejahatan seksual," tambah Maimunah.

Selain itu, korban video pornografi anak juga memerlukan rehabilitasi. Hal ini demi memulihkan kondisi anak menjadi lebih baik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Gaun Terbaik di Ajang Penghargaan Emmy Awards 2017

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Ajang penghargaan tahunan untuk industri perfilman, Emmy Awards ke-69 kembali digelar pada Minggu, 17 September 2017. Tahun ini, Emmy Awards menampilkan para nominator yang mengagumkan. Seperti bintang Hollywood peraih piala Oscar, Reese Witherspoon, Nicole Kidman dan Viola Davis hingga aktris muda Millie Bobby Brown.

Selain berprestasi sebagi aktris ternama, mereka pun tampil dalam balutan gaun yang memukau. Tak hanya mereka, inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. Siapa saja?

1. Nicole Kidman

Inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. (Foto: www.whowhatwear.com)

Nicole Kidman tampil memukau dalam balutan gaun satin warna merah dari Calvin Klein.

2. Millie Bobby Brown

Inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. (Foto: www.whowhatwear.com)

Aktris muda yang berbakat ini tampil manis dan menawan dengan gaun berdetail tulle dari Calvin Klein.

3. Zoe Kravitz

Inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. (Foto: www.whowhatwear.com)

Gaun haute couture rancangan Dior dengan detail aplikasi rumbai warna-warni ini tampak memukau saat dikenakan oleh Zoe Kravitz.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

4. Reese Witherspoon

Inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. (Foto: www.whowhatwear.com)

Reese Witherspoon tampil cukup sederhana namun tetap elegan dengan gaun blazer warna navy rancangan Stella McCartney.

5. Viola Davis

Inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. (Foto: www.whowhatwear.com)

Tampil kontras dengan warna kulitnya, Viola Davis memilih gaun warna oranye dari Zac Posen. Semakin memukau dengan tambahan clutch warna emas.

6. Kiernan Shipka

Inilah sederet selebritas cantik yang masuk ke dalam predikat gaun terbaik di Emmy Awards 2017. (Foto: www.whowhatwear.com)

Kiernan Shipka semakin cantik dan menawan dalam balutan gaun berdetail tulle beraksen bling-bling karya Miu Miu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai 4 Bulan Disandera Teroris, Pastor Marawi Berhasil Bebas

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Setelah hampir empat bulan menjadi tawanan kelompok pemberontak dan teroris Maute, pemuka Gereja Katolik Marawi beserta sejumlah jemaatnya berhasil diselamatkan.

Bebasnya Pastor Teresito 'Chito' Soganub, dan jemaatnya diawali setelah pertempuran sengit selama berjam-jam antara militer Filipina (AFP) dan kelompok pemberontak Maute di Marawi pada akhir pekan lalu. Demikian seperti dikutip dari Sydney Morning Herald (SMH), Senin (18/9/2017).

Pasca-pertempuran itu, Pastor Chito dan beberapa sandera ditemukan oleh militer Filipina terlantar di dekat sebuah masjid di Marawi. Masjid --yang juga merupakan salah satu titik pertahanan terakhir kelompok Maute-- itu turut berhasil direbut oleh militer.

Seperti dikutip dari Inquirer, kabar mengenai bebasnya Pastor Chito beserta jemaatnya disampaikan oleh Laksmana Rene Medina, Komandan AL Filipina di Mindanao Barat. Ia memperoleh informasi itu dari personel AFP yang berada di lapangan.

Menurut keterangan yang diperoleh Laksmana Medina, Pastor Chito dan sejumlah tawanan lain berhasil melarikan diri dari jerat tawanan militan di Masjid Bato, Marawi, pada Sabtu 16 September malam.

Teresito Soganub (Facebook/PIA Lanao del Sur)

"Mereka (personel AFP di lapangan) mengatakan bahwa Chito dan lainnya berhasil melarikan diri ketika para militan yang menyandera mereka tengah sibuk bertempur melawan pasukan pemerintah di sekitar lokasi (Masjid Bato)," jelas Laksmana Medina.

Sekitar pukul 23.00, Sabtu 16 September, penasihat kepresidenan, Jesus Dureza mengunggah sebuah posting-an via Facebook yang mengonfirmasi kabar mengenai bebasnya Chito, dkk. Dalam posting-an itu, Dureza juga membenarkan kesuksesan militer merebut Masjid Bato.

Akan tetapi, Dureza maupun pihak Istana Kepresidenan Malacanang tidak memberikan detail mengenai operasi militer serta jumlah tawanan yang berhasil melarikan diri.

Sementara itu, seperti dikutip dari SMH, operasi militer --yang berujung pada pembebasan Pastor Chito, dkk-- bermula ketika AFP menerima kabar dari para militan di Marawi yang berencana untuk menyerah.

"Kami berusaha meyakinkan para militan untuk mebebaskan seluruh tawanan, atau setidaknya sandera perempuan. Selain itu, jika mereka (militan) menyerah, kami berjanji tidak akan menembak mereka," ujar Koloner Romeo Brawner, komandan deputi gugus tugas AFP di Marawi.

Namun pada kenyataannya, para militan tidak benar-benar menyerah dan justru menggempur AFP dalam pertempuran yang berlangsung sekitar lima jam pada 16 September lalu.

Pastor Chito dan puluhan jemaat gereja Katolik Marawi menjadi tawanan kelompok Maute sejak pertempuran di kota berpopulasi sekitar 200.000 orang itu pecah pada 23 Mei lalu.

Teresito Soganub saat dipaksa tampil dalam video propaganda kelompok pemberontak dan teroris Maute (AP)

Seminggu setelahnya, ia tampil di sebuah video propaganda grup teror yang berafiliasi dengan ISIS tersebut, memohon untuk keselamatan dan meminta AFP agar menghentikan operasi militer di Marawi.

Berbagai upaya penyelamatan diupayakan oleh AFP secara sporadis sejak 23 Mei. Dari keterangan beberapa tawanan yang telah berhasil diselamatkan lebih awal, mereka mengaku dipaksa beralih keyakinan menjadi muslim dan membantu kelompok militan dengan menjadi koki atau perawat medis.

Beberapa perempuan juga dipaksa untuk menikah dengan personel kelompok militan.

 

Struktur sejumlah bangunan masih berdiri kokoh. Namun, tak jarang sebagian yang lain ambruk nyaris rata dengan tanah.

Pada bangunan yang masih berdiri, terlihat dindingnya berhias lubang peluru. Sementara, atapnya berlubang, bekas dihantam selongsong mortar serdadu.

Begitulah kondisi Kota Marawi, Lanao del Sur sekarang. Memasuki hari ke-106, pertempuran antara militer Filipina (AFP) dan kelompok pemberontak Maute yang didukung oleh militan pro-ISIS, masih terus berlangsung. Demikian seperti dikutip dari The New York Times, Selasa 5 September 2017.

Pihak AFP memperkirakan, hari-hari pertempuran di Marawi tetap akan bergulir, hingga setidaknya bulan depan.

"Diperkirakan Oktober 2017 selesai," jelas Kepala Staf AFP, Jenderal Eduardo M Ano, seperti dikutip dari Business Mirror.

Sementara Presiden Filipina Rodrigo Duterte terus memberlakukan status darurat militer di kota tepi Danau Mindanao itu hingga 31 Desember 2017.

Namun, bagi pasukan AFP yang bertempur di Marawi, hari hanyalah hari, tanggal sekadar tanggal. Dan perkiraan presiden serta para perwira tinggi militer di Malacanang, juga hanya sebatas perkiraan.

"Saya tidak dapat memastikan kapan kami bisa menyelesaikan semua ini," kata Brigjen Marinir Melquiades Ordiales kepada seorang jurnalis The New York Times.

Meski Manila memprediksi hanya ada segelintir militan yang tersisa di Marawi, pertempuran di kota itu mungkin belum akan selesai dalam waktu dekat.

"Bahkan, pihak militan pun mungkin terkejut mampu mempertahankan pertempuran di sana untuk sekian lama," jelas Profesor Zachary Abuza dari National War College, Washington, Amerika Serikat.

Ada sejumlah faktor yang menjadi aspek krusial mengapa para militan mampu bertahan lama di Marawi.

Seperti dikutip dari The New York Times, tata letak kota yang bersekat-sekat serta padat bangunan menyulitkan militer untuk menggencarkan operasi serangan udara secara efektif. Selain itu, para militan memanfaatkan sejumlah bangunan, seperti masjid dan rumah warga, untuk menjadi basis komando.

Taktik menyandera warga sipil yang dilakukan oleh para militan juga ikut menghambat laju operasi tentara. Adapun mengenai pasokan makanan, menurut sejumlah pemberitaan yang telah lalu, militan memanfaatkan akses distribusi terselubung dari Danau Mindanao serta menjarah rumah warga sipil yang ditinggalkan.

Terkait sokongan personel, pihak AFP melaporkan bahwa sejumlah bocah dan perempuan turut membantu para militan untuk menyerang militer.

"Pasukan di lapangan melihat perempuan dan anak-anak menembaki serdadu AFP. Kemungkinan anak-anak dan perempuan itu merupakan anggota keluarga para militan. Itu mungkin jadi sebab mereka tidak kekurangan personel," jelas Letjen Carlito Galvez, seperti dikutip dari Asian Correspondent.

Sementara itu, sejumlah militan membentuk garis pertahanan di sejumlah titik kota, dengan menebar ranjau darat dan menempatkan penembak jitu, sehingga menyulitkan kelompok militer.

"Kami selalu menerka-nerka akan menerima gempuran hebat dari mereka. Korban militer akan terus berjatuhan dan musuh akan semakin tertekan," jelas Letjen Galvez.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 3 Aksi Hacker yang Hebohkan Dunia

Posted: 17 Sep 2017 10:00 PM PDT

Setiap hari, ada saja hacker yang melakukan peretasan terhadap berbagai perusahaan di dunia.

Meski jarang terungkap di media atau hanya sebatas serangan kecil, tak ayal pada tahun 2017 ini terjadi beberapa aksi peretasan yang membuat banyak negara dan perusahaan kalang kabut.

Dari serangan ransomware yang 'menyandera' lebih dari 230 ribu komputer di beberapa negara di dunia hingga aksi pencurian data dari salah satu stasiun TV kabel terbesar di dunia.

Berikut Tekno Liputan6.com merangkum aksi peretasan terbesar dan paling meresahkan sejauh ini sepanjang 2017.

1. WannaCry

Dari aksi peretasan yang masuk di dalam daftar ini, serangan ransomware WannaCry mungkin adalah salah satu aksi yang terbesar dan pernah terjadi di dunia hingga saat ini.

Bagaimana tidak, ransomware ini mampu mempengaruhi lebih dari 230 ribu komputer di 150 negara. Tak hanya itu, serangan yang dimaksud bahkan dikirimkan pelaku dalam 28 bahasa berbeda.

Ilustrasi Ransomware WannaCrypt atau yang disebut juga Wannacry (iStockphoto)

Terhitung, berbagai bentuk model bisnis di dunia pun terpengaruh dan merugi karena serangan ini. Bahkan, beberapa rumah sakit di Jakarta pun sempat menjadi korban serangan ransomware WannaCry.

 

2. Petya

Ilustrasi Petya. Dok: mybroadband.co.za

Hadir sebagai varian baru dari ransomware WannaCry, serangan ransomware Petya sempat membuat 65 negara di dunia kalang kabut.

Setelah berhasil diatasi, Microsoft mendapati ransomware ini berasal dari sebuah sofware akuntansi pajak milik perusahaan di Ukraina.

Untungnya, penyebaran ransomware Petya dapat diatasi lebih cepat dan tidak menimbulkan masalah luar biasa seperti serangan ransomware WannaCry beberapa bulan sebelumnya.

3. HBO

Game of Thrones Season 7. (HBO)

Siapa sih yang tidak kenal dengan stasiun TV kabel Amerika Serikat, HBO? Di tengah kesuksesan berbagai serial TV, seperti Game of Thrones dkk, seorang atau sekelompok hacker mampu meretas server perusahaan dan mengambil data sebesar 1,5TB.

Pelaku pun bahkan mengancam untuk membocorkan data dan informasi yang dicuri ke internet bilamana studio tidak membayar uang sebesar US$ 7,5 juta.

Karena tuntutannya tak dituruti, pelaku pun membocorkan musim ke-7 serial Game of Thrones, The Ballers, dan Room 104 ke internet. Tak hanya itu, mereka juga membocorkan beberapa informasi karyawan, seperti data perbankan hingga data kesehatan.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meikarta Hadirkan Lingkungan Sehat Supaya Penghuni Kuat

Posted: 17 Sep 2017 09:52 PM PDT

Di Meikarta terdapat Taman Terbuka Hijau bernama Central Park seperti di New York, yang menjadi paru paru kota. Nah, yang satu ini ada di Meikarta. Luasnya 100 hektar atau seperlima dari lahan pemukiman modern ini. Central Park ala New York ini tak hanya berfungsi sebagai paru paruMeikarta tapi juga wilayah di sekitar.

Pembangunan kawasan terbuka hijau raksasa ini terkait dengan Lippo Group sebagai pengembang professional, yang berkewajiban menjaga kesehatan konsumennya. Apalagi kini masyarakat juga memiliki kesadaran yang tinggi pada kesehatan jasmani dan rohani.

Kesehatan jasmani dan rohani pada dasarnya adalah dua hal yang saling terkait. Mustahil sebuah rohani bisa sehat bila jasmani selalu dirongrong penyakit, Demikian pula sebaliknya. Mustahil jasmani bisa sehat bila rohani selalu dirongrong berbagai tekanan seperti kegelisahan atau kesepian.

Semua hal di atas sudah diperhitungkan sejak awal pembangunan Central Park. Ruang terbuka hijau ini didesain sebagai sebuah tempat yang nyaman dan menyegarkan untuk rekreasi pribadi maupun komunitas.

Di sana terdapat sebuah danau dikelilingi taman yang diatur sedemian rupa sehingga tampak hijau dan indah. Taman ini bebas dipakai untuk siapa saja sesuai dengan kebutuhan masing masing. 400 pohon besar juga ditanam disana agar pasok oksigen diudara Meikarta memadai.

Demikian rindangnya Central Park sehingga tampak bagai hutan di kota. Di sini, para penghuni Meikarta bisa membugarkan diri dengan berolah raga sekaligus menenangkan diri dengan duduk santai menikmati pemandangan serba hijau yang tertata rapi.

Bagi orang Jakarta hal ini sangat menarik. Banyak warga kota berpenduduk lebih 10 juta ini ingin bebas dari kungkungan hutan semen dan kemacetan tiada henti. Apalagi kini ruang terbuka hijau makin lenyap dari pemandangan. Bernafas pun kian sesak karena pasok oksigen sering kena polusi.

Kenyataan tersebut membuat setiap jengkal pembangunan Meikarta tak melupakan prinsip 'makin hijau makin diminati'. Maka tak mengherankan bila makin banyak orang Jakarta, dan kota besar lainnya, berminat pindah keMeikarta. Kenyataan ini sesuai dengan kenyataan sosial dimana prinsip dimana peningkatan kepadatan penduduk diikuti dengan membesarnya keinginan tinggal di lingkungan serba hijau dan lapang.

Selain bagian dari penghijauan, danau di Central Park juga berfungsi sebagai reservoir air untuk kebutuhan penghuni Meikarta. Danau ini berdaya tampung 20 ribu meter kubik air. Oleh karenanya, air danau ini dijaga ketat agar bebas polusi. Tempat sampah dan septic tank dijauhkan dari danau ini karena bisa merusak kualitas air.

Pengelola Meikarta tak tak ingin mengulang pengalaman Jakarta dan banyak kota lainnya dimana air tanah mengalami pencemaran berat dan berbahaya untuk dikonsumsi. Dengan kata lain, kesehatan penghuni Meikarta adalah prioritas yang tak bisa ditawar.

Selain jauh dari danau, sistem pembuangan sampah diatur sedemikian rupa sehingga tak akan terjadi penumpukan di sebarang tempat. Tujuannya agar sampah menjadi sumber penyakit dan sumber bau tak sedap. Di zaman sekarang ini bau sampah memang selalu mengundang keresahan karena keasadaran bahwa di baliknya selalu ada penakit. 

Semua ini tak lepas dari kenyataan bahwa Meikarta berada di sebuah wilayah yang sedang tumbuh cepat berkat industrialisasi secara besar besaran. Salah satu indikasinya adalah pertumbuhan penduduk.

Tahun lalu jumlah penduduk Bekasi mencapai 2.11 juta jiwa, naik sekitar 200 ribu dari tahun sebelumnya. Ini berarti Meikarta harus selalu berbenah agar penghuninya sehat dan kuat menghadapi penyakit.

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua DPR: Pemerintah Harus Usut Tuntas Peredaran Obat PCC

Posted: 17 Sep 2017 09:51 PM PDT

 

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menganggap Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah kecolongan terkait penyebaran obat Paracetamol, Caffein, and Carisoprodol (PCC) di Sulawesi Tenggara. Banyak korban di kalangan remaja dan anak-anak yang dirawat setelah mengonsumsi obat tersebut.

"Pemerintah kecolongan lagi, kami meminta BPOM agar lebih bekerja keras sehingga BPOM tidak boleh kecolongan lagi," ujar Agus di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Ia berharap kejadian tersebut tidak terulang kembali. Pemerintah harus bekerja lebih keras untuk mengawasi peredaran obat di masyarakat.

"BPOM yang mewakili pemerintah harus bekerja lebih giat lagi kenapa hal seperti ini bisa kecolongan lagi? Dari manakah asalnya? Untuk itu hal ini harus diusut sampai tuntas," ucap Agus.

Tercatat hingga 14 September 2017, sudah ada 61 orang dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Kendari akibat mengonsumsi obat PCC. Kebanyakan dari korban ini merupakan siswa SD dan SMP.

"Hal ini harus diivestigasi secara menyeluruh oleh pihak terkait, baik Badan Narkotika Nasional (BNN), Kepolisian, Kementerian Kesehatan dan juga BPOM untuk dapat mengusut tuntas atas beredarnya obat PCC tersebut, sehingga ke depan tidak ada lagi peredaran obat PCC," kata dia.

 

Sebab menurut dia, efek dari obat PCC sangat buruk. Tak hanya membuat orang tidak sadarkan diri, bahkan hingga meninggal dunia.

"Ada yang selamat tapi mentalnya terganggu, BPOM harus bisa mendeteksi secara dini serta melakukan pengawasan maksimal terhadap peredaran obat-obat yang beredar di masyarakat," paparnya.

Ia berharap para korban obat PCC dapat segara mendapatkan penanganan medis secara serius dan maksimal agar bisa sembuh total.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Kendari, Sulawesi Tenggara Adillah Pababbari mengatakan, puluhan remaja menjadi korban penyalahgunaan obat dan dirawat di sejumlah rumah sakit di Kota Kendari karena mengonsumsi tablet PCC.

"Tablet PCC ini adalah obat ilegal tanpa izin edar dari BPOM karena berisi zat carisoprodol yang dijual per orangan," kata Adillah di Kendari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Joget, Caisar Diputus Banyak Kontrak Kerja

Posted: 17 Sep 2017 09:50 PM PDT

Keputusan Caisar kembali berjoget bukan cuma berdampak pada polemik rumah tangganya saja. Kabarnya, kontrak kerja Caisar juga telah banyak yang diputus travel.Hal itu diungkapkan sang istri, Indadari saat dihubungi akhir pekan lalu.‎

"Ada (travel) kerja sama Caisar, tapi karena dia kembali joget, kerja samanya tidak dilanjutkan oleh travelnya," kata Indadari.

Alhasil, kini cuma Indadari yang masih terikat kontrak dengan pihak travel. Bahkan, dalam waktu dekat ini mantan istri Lucky Hakim itu bakal menjalani ibadah umrah plus Palestina tanpa Caisar.


‎‎
"Waktu itu memang ada travel yang ajakin aku ke Palestina bareng. Karena mereka tahu kalau aku pengin banget ke sana, aku kasih tahu Caisar. Otomatis kalau aku berangkat, dia juga berangkat karena mahram. Tapi ternyata (bercerai)," ucap Indadari.‎

Sebagai ganti mahram safar, Indadari pun mengajak orangtua atau adiknya untuk menggantikan Caisar. "Aku sudah bilang orangtua dan adikku. Kalau memang berangkat belum ada mahram (suami baru), berarti sama mereka," jawabnya. (Ras)‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mal Sepi Pengunjung, Penyewa Gerai Keluhkan Omzet Turun

Posted: 17 Sep 2017 09:49 PM PDT

PT Matahari Departement Store Tbk memutuskan untuk menutup gerai yang berada di Pasaraya Blok M dan Manggarai pada waktu dekat. Penutupan ini lantaran pusat belanja di mana gerai tersebut berada sepi pengunjung sehingga berdampak ke penjualan yang tidak mencapai target.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, kondisi pengunjung pada masing-masing pusat belanja atau mal berbeda-beda. Biasanya, mal di lokasi tertentu saja yang masih mampu bertahan dan bisa menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

"Mal yang sepi ada, yang ramai juga ada. (Yang ramai) Secara keseluruhan mal yang lokasinya bagus. Tenant-nya juga brand-nya kuat sehingga tetap ramai," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Meski demikian, Budi tidak membantah jika secara umum saat ini kunjungan masyarakat ke pusat belanja saat ini cenderung menurun, terutama saat hari kerja. Hal ini tentu saja juga berdampak pada tenant di dalam pusat belanja tersebut.

"Secara umum mal kalau Sabtu-Minggu ramai. Hanya saja, saat ini hari biasa terjadi penurunan traffic dibandingkan dulu. Sehingga omzet yang dulu hari biasa lumayan, sekarang menurun," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan menutup dua gerai di Pasaraya Blok M dan Manggarai pada akhir September 2017.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Sekretaris Perusahaan PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo menuturkan, penutupan dua gerai itu lantaran kinerja gerai yang belum sesuai target perseroan. Penutupan gerai di Blok M dan Manggarai dilakukan pada akhir September 2017.

Matahari Department Store Pasaraya Blok M dan Manggarai akan tutup per akhir bulan September. Ini karena kinerja mal yang sepi sehingga akibatkan kinerja kedua gerai tidak sesuai target manajemen," ujar Miranti saat dihubungi Liputan6.com.

Ia menuturkan, jumlah pengunjung yang tak sesuai target membuat kinerja dua gerai tersebut tidak sesuai target penjualan. Seperti diketahui, gerai Matahari di Pasaraya baru dibuka pada 2015.

Hingga kini, PT Matahari Department Store Tbk memiliki 157 gerai. Miranti menuturkan, pihaknya akan membuka 1-3 gerai lagi hingga akhir tahun. "Kami akan buka gerai lagi satu di Jawa dan dua di luar Jawa," kata Miranti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Anak Pertama, Begini Persiapannya

Posted: 17 Sep 2017 09:47 PM PDT

Kehadiran buah hati pertama pasti sangat ditunggu-tunggu. Rasa deg-degan menyambut kelahirannya membuat Anda tak sabar untuk mempersiapkan segalanya. Mulai dari baju, kaus kaki, perlengkapan mandi, hingga dekorasi kamar tidurnya.

Berbeda dengan artis cantik Sandra Dewi, memasuki kehamilannya yang berusia tujuh bulan, ia dan suaminya malah memilih untuk melakukan babymoon. Kali ini, negara yang dipilihnya ialah Australia.

Lewat akun Instagram pribadinya, Sandra mengungkapkan, "Dear husband.. Terima kasih sudah merencanakan & mewujudkan babymoon untuk membahagiakan istri & anaknya. Tiap hari nyetir dr pagi-malam."

Menariknya, tidak hanya Sandra dan suami yang merasa senang saat berada di negeri kanguru, rupanya sang jabang bayi pun demikian. Terutama bila si jabang bayi sedang diajak berinteraksi dengan ayahnya.

"Anaknya pun diperut sayang sekali sama papanya.. tiap kali papanya elus, atau denger suara papanya, langsung nendang2 heboh, we adore you so much Papa," katanya.

Jika Sandra Dewi memilih babymoon untuk menyambut anak pertama, bagaimana dengan Anda? Apakah tengah mencari ide untuk mempersiapkan yang terbaik? Bila iya, simak ulasannya dari Rumah.com.

Buat suasana rumah yang aman untuk bayi. Meskipun bayi yang belum lahir belum terlalu banyak beraktivitas, namun Anda perlu mempersiapkan keamanannya di rumah sejak kehamilan memasuki trimester 3.

Salah satu contoh peralatan keamanan untuk bayi adalah penggunaan pagar di area tangga jika rumah Anda bertingkat, pengaman di bagian ujung perabotan yang tajam, dan penutup colokan listrik. Di rumah baru yang berada dalam area klaster, biasanya Anda tidak perlu khawatir soal keamanan seperti itu.

Bagi pasangan yang baru akan memiliki anak pertama dan sedang mencari rumah baru, lebih baik mencari rumah dengan dua kamar tidur. Selain lebih praktis, harganya lebih terjangkau. Tertarik mencari rumah dengan dua kamar tidur? Simak pilihannya dengan harga Rp500 jutaan di sini!

Tidak disarankan menggunakan karpet atau rugs di kamar bayi, karena mudah menyimpan debu. Sebaiknya gunakan lantai kayu yang selalu hangat dan tidak licin—boleh juga keramik. Pilihlah lantai yang mudah dibersihkan.

Sedangkan jika Anda ingin mengecat dinding dengan berbagai warna yang cerah, pastikan cat anti racun. Untuk pengecatan lakukan tiga bulan sebelum kedatangan bayi agar bayi tak perlu menghirup sisa aroma cat yang berisiko mengganggu pernapasannya.

Baca juga: Tips dan Inspirasi Mendesain Kamar Bayi

Anda juga bisa menggunakan wallpaper yang cantik. Pada usia di bawah 2 bulan, bayi memang baru bisa melihat warna hitam dan putih, namun seiring perkembangan usianya, warna cerah akan meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya.

Ada baiknya, Anda menanggalkan kebiasaan yang selalu menggunakan AC sehingga membuat bayi tumbuh menjadi anak yang mudah kepanasan dan kesal saat suhu udara di sekitarnya sedikit panas.

Sesekali biarkan bayi tidur tanpa AC dan menikmati udara yang masuk dari luar rumah. Buka jendela kamar saat pagi untuk menggantikan udara sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Borong Dua Gol, Kalinic Antar AC Milan Raih Tiga Poin

Posted: 17 Sep 2017 09:46 PM PDT

Aksi gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura saat bertanding melawan Udinese pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Aksi gelandang AC Milan, Giacomo Bonaventura saat bertanding melawan Udinese pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Bek AC Milan, Davide Calabria berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Udinese, Kevin Lasagna saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Bek AC Milan, Davide Calabria berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Udinese, Kevin Lasagna saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Udinese, Kevin Lasagna saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Udinese, Kevin Lasagna saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Bek AC Milan, Ricardo Rodriguez berusaha melewati pemain Udinese, Rodrigo de Paul saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1 dan meraih tiga poin. (AFP Photo/Miguel Medina)

Bek AC Milan, Ricardo Rodriguez berusaha melewati pemain Udinese, Rodrigo de Paul saat bertanding pada lanjutan Liga Serie A Italia di stadion San Siro, Milan, (17/9). AC Milan menang atas Udinese 2-1 dan meraih tiga poin. (AFP Photo/Miguel Medina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Dewan Pers, AMSI Kenalkan Pengurus Pusat

Posted: 17 Sep 2017 09:45 PM PDT

Pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bertemu Dewan Pers untuk memperkenalkan susunan Pengurus Pusat AMSI pada lembaga tersebut.

Turut hadir Ketua AMSI Wenseslaus Manggut bersama Ketua Dewan Etik AMSI Bagir Manan serta anggota AMSI seperti Pemimpin Redkasi Liputan6.com Mohamad Teguh. Para anggota AMSI disambut hangat Ketua Dewan Pers Yosep Adi Presetyo.

Wenseslaus mengatakan, silaturahmi kali ini baru sebatas mendatangkan Pengurus Pusat AMSI. Sebab, pengurus daerah masih proses pembentukan.

"Untuk sementara baru ada pengurus DPP, hanya perkenalan dengan Dewan Pers dan diskusi," ujar Wenseslaus di Gedung Dewan Pers, Senin (18/9/2017).

Susunan pengurus AMSI, lanjut dia, terdiri dari AJI (Aliansi Jurnalis Indonesia), PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) dan dari nama-nama mewakili industrinya.

"Kami mendata anggota-anggota dulu, seperti keharusan Dewan Pers ada 17 provinsi dulu. Kita butuh waktu diskusi agak lama dengan Dewan Pers," kata dia.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Wenseslaus menyampaikan bahwa tugas dari AMSI adalah untuk membantu media daring dari sisi industrinya.

Selain itu, kehadiran AMSI dapat membantu mengahadang berita dan media penyebar hoax.

"Fokus kami sebanyak-banyaknya anggota. Kami tidak cukup hadang hoax, karena itu kami kerja sama. Mudah-mudahan akhir tahun sistemnya sudah bisa dipakai bersama. Sehingga tak perlu huru-hara lagi," ujar Wenseslaus Manggut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentuhan ala Barcelona Bawa Thailand Jadi Juara Piala AFF U-18

Posted: 17 Sep 2017 09:45 PM PDT

Wajah pelatih muda asal Spanyol, Marc Alavedra Palacios, berseri-seri ketika menemui para jurnalis asal Indonesia yang sudah menunggunya selepas selebrasi juara Piala AFF U-18 2017. Palacios bawa Timnas Thailand U-19 jadi juara Piala AFF U-18 2017.
 
Ini adalah gelar kedua Thailand di regional Asia Tenggara dalam waktu kurang dari sebulan terakhir. Pada 29 Agustus 2017, Timnas Thailand U-22 memenangi medali emas SEA Games 2017.

Palacios mengungkapkan bila tim asuhannya memulai pertandingan dengan baik. Namun, tak mampu mencetak gol di babak pertama meski terus menekan.

Situasi berbeda terjadi setelah turun minum. Permainan yang lebih dinamis membuat The War Elephant mampu mencetak dua gol dalam durasi tiga menit di awal babak kedua, yakni menit ke-48 dan 51.

Permainan Thailand disebut Palacios semakin baik setelah dua gol itu sehingga ketika satu pemain mereka, Wudtichai Kumkeam, menerima kartu merah kedua dari wasit menit ke-67, permainan Kritsada Kaman cs. sudah stabil.



"Kami baru datang ke Thailand tiga bulan lalu. Jadi tak punya banyak waktu untuk mencermati para pemain. Saya juga memberikan sentuhan sepak bola ala Barcelona dan Spanyol," ungkap Palacios.

Perlu diketahui, Palacios merupakan satu dari empat pelatih asal Spanyol yang didatangkan Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) secara bersamaan pada awal April 2017. Mereka diberikan tanggung jawab menjadi pelatih serta asisten pelatih untuk Timnas U-21, U-19, U-16, dan U-14 untuk membangun sepak bola usia muda Thailand.

Kedatangan empat pelatih itu ke sepak bola Thailand sebagai bagian kerja sama FAT dengan Ekkono Method Soccer Services yang berbasis di Barcelona, Spanyol. Ekkono tercatat pernah menjalin kerja sama dengan beberapa negara dan klub, termasuk Jepang, China, Finlandia, Barcelona, dan PSG.

Di antara para pemain yang pernah mendapat sentuhan dari Ekkono, semisal Carlos Puyol, Jodi Alba, Gerard Pique serta Cesc Fabregas. Sebagai catatan, Timnas Thailand U-16 yang ditangani Salvador Garcia juga berhasil masuk final Piala AFF U-15 2017. Namun, di final mereka kalah 2-4 lewat adu penalti kontra Vietnam (22/7/2017).

"Setelah Piala AFF U-18 2017 ini kami akan fokus ke kualifikasi Piala AFC U-19 2018. Kami bermain di Mongolia saat musim dingin, dalam grup yang berat. Kami mungkin akan datang lebih awal ke Mongolia untuk penyesuaian cuaca," kata Palacios.

(Laporan jurnalis Bola.com Aning Jati dan fotografer Liputan6.com Yoppy Renato dari Yangon, Myanmar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Setelah Esemka, Jokowi Dukung Pembuatan Mobil Murah Mahesa

Posted: 17 Sep 2017 09:41 PM PDT

Presiden Joko Widodo serius mendukung produksi kendaraan petani di desa buatan lokal. Dengan harga yang terjangkau, produksi lokal bisa lebih dibeli masyarakat khususnya petani.

Hal ini Ia ungkapkan saat meninjau sebuah pabrik kendaraan di Klaten, Jawa Tengah,

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Tanah Lot, Ubud, dan Uluwatu Bius 250 Delegasi ITMF

Posted: 17 Sep 2017 09:41 PM PDT

Bali kembali kedatangan tamu-tamu istimewa. Para opinion leader International Textile Manufactures Federation yang jumlahnya menembus angka 250 orang dari 29 negara, kumpul di Nusa Dua, Bali. Tak hanya meeting, ratusan orang yang ikut memboyong seluruh anggota keluarganya ini juga berwisata di Best Destination 2017 versi TripAdvisor itu.

"Sejak di Bali dari 14-16 September 2017, tak ada peserta yang mengeluh. Semuanya happy lantaran selesai meeting semuanya diajak leisure di Tanah Lot, Ubud, dan Uluwatu," ujar Executive Secretary Boards of Directors Indonesia Textile Association, E.G Ismy.

Di hari pertama, yaitu pada Kamis (14/9/2017), semua pesera langsung diajak berpetualang di Tanah Lot.

Destinasi yang satu ini sudah pernah dikunjungi Wakil Presiden India Muhammad Hamid Ansyar, selebritis Turki, artis-artis Korea, hingga kontestan Miss World 2012 dan 2013.

"Tanah Lot sangat keren. Penataan kawasan wisatanya lebih mengedepankan nuansa religius yang dipadukan dengan panorama dan keindahan alam," ucap President ITMF, Jaswinder Bedi.

Pura Tanah Lot memang menjadi obyek wisata unggulan setelah Pantai Kuta di Kabupaten Badung. Panoramanya sangat indah, terutama saat sunset. Saking eksotis dan sakralnya Pura Tanah Lot, Wakil Presiden India, Muhammad Hamid Ansyar, sampai menginstruksikan industri film Bollywood untuk syuting di tempat ini.

Sementara itu, artis-artis Turki yang bermain di film Elif, ikut membagi keceriaan liburan di Tanah Lot di Kanal 7 (Turki), SCTV (Indonesia), OBN TV, BNTV Sırpca (Bosnia), dan Kanal 5 (Makedonia).

Cerita Ubud lain lagi. Destinasi yang sempat dikunjungi Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama, tersebut juga menebarkan sejuta pesona ke delegasi ITMF. Mulai dari sawah bertingkat, kerajinan tangan, hingga galeri-galeri seni, semua dieksplorasi oleh peserta ITMF.

Puncaknya, semua dibuat terpana oleh Sacred Monkey Forest Ubud. Kawasan yang hijau dengan balutan pohon besar, udara sejuk, gemericik air, dan suasana tropik, sukses membius delegasi ITMF.

"Sacred Monkey Forest memang istimewa. Mantan pemain bola dunia asal Manchester United, Luis Nani, pernah berkunjung ke sini. Begitu juga selebritis Hollywood, Paris Hilton dan Julia Roberts. Ini pengalaman luar biasa bagi delegasi ITMF," kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti, yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi, Eddy Susilo.

Satu sihir lainnya datang dari Uluwatu. Sama seperti Ashton Kutcher, Mila Kunis, Justin Bieber, dan Selena Gomez, ratusan anggota ITMF juga dibuat terpana dengan pesona Tari Kecak di Pura Uluwatu.

Sensasi menikmati tari khas Bali di tengah area pertunjukan bak koloseum dianggap sangat keren. Apalagi, tariannya disajikan saat sunset.

"Semua kompak mengatakan sempurna!" ujar Eddy.

Bali juga terasa sangat istimewa di mata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menurutnya, Bali adalah contoh destinasi yang paling lengkap, baik menyangkut atraksi, akses serta amenitas, maupun fasilitas pendukungnya.

Sebagai destinasi, Bali dinilai paling maju di Tanah Air, sehingga dinobatkan sebagai ikon pariwisata Indonesia.

"Ke mana saja Bali selalu terlihat oke. Alam, culture, kuliner, sampai baharinya sudah kelas dunia. Untuk delegasi ITMF beserta keluarganya, saya ucapkan selamat berlibur. Enjoy Bali!" ucap Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Garasi, Djarot Izinkan Warga Parkir di Lapangan

Posted: 17 Sep 2017 09:40 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tak mempermasalahkan bila kepolisian belum setuju usulan Pemprov yang ingin penerbitan STNK mobil warga dengan syarat memiliki garasi terlebih dahulu.

"Ya, enggak apa-apa. Memang undang-undang lalu lintasnya enggak ada. Itu kan perda yang lama," ujar Djarot di Balai Kota Jakarta, Senin (18/9/2017).

Namun sekali lagi, kata Djarot, Jakarta adalah daerah khusus. Dan kebijakan itu diatur oleh perda, bukan mengada-ada. 

"Bahwa pemilik kendaraan di Jakarta harus menyediakan garasi," ujar dia.

Djarot menyebut, bila warga tak memiliki garasi di rumah, maka warga dapat menggunakan fasilitas garasi bersama seperti lapangan warga atau penyewaan garasi.

"(Lapangan) boleh. Bagus. Bagus malahan. Disediakan oleh masyarakat situ. Asalkan tidak mengganggu ruang publik seperti jalan. Terutama di jalan-jalan sempit," ucap Djarot.

Meski lapangan dizinkan digunakan untuk garasi, Djarot mengingatkan agar lapangan RPTRA tidak digunakan untuk parkir.

"RPTRA enggak boleh, itu tempat publik dipakai terus ya gimana, tidak boleh itu, enggak. kalau RPTRA jangan. Lapangan boleh, silakan kalau lapangan milik warga, tertib, rapi, boleh silahkan," ucap Djarot.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Polri menilai pernyataan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat soal aturan wajib garasi masih perlu dikaji lagi.

"Ini kan wacana. Beliau kan pejabat publik yang atur kebijakan publik. Bagi polisi kembali pada aturan," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul di Jakarta Selatan, Rabu, 13 September 2017.

Martinus memastikan, hingga kini dalam pelayanan STNK, polisi masih melayani warga sesuai peraturan yang selama ini masih berlaku. Sedangkan syarat harus memiliki garasi terlebih dahulu sebelum mendapatkan STNK masih belum dikoordinasikan dengan pihak Polri.

Kalau orang mohon (mengajukan pembuatan) STNK tentu (akan) dipenuhi sepanjang persyaratannya (juga) dipenuhi. Nanti kita kaji-lah. STNK enggak dibatasi, tahun dan kendaraan jenis apa enggak dibatasi. Itu namanya kebijakan publik. Itu wacana kan, belum jadi diskusi yang serius," kata Martinus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Lakukan Hal Romantis Ini untuk Engku Emran

Posted: 17 Sep 2017 09:40 PM PDT

Telah menjadi seorang istri, Laudya Cynthia Bella pun memutuskan untuk menetap di Kuala Lumpur, Malaysia, tempat tinggal sang suami, Engku Emran. Di sana, ia pun ingin memanjakan pasangan hidupnya ini.

Sebagai istri yang baik, Laudya Cynthia Bella pun membuktikan bahwa dirinya sudah bisa memasak. Ia pun mencoba memasak menu yang berbeda.

 Laudya Cynthia Bella masak mi untuk suami, Engku Emran (Foto: Instagram)

Tak seperti istri lain yang memasak banyak lauk untuk suami, Laudya Cynthia Bella cukup membuat satu masakan dari Indonesia. Dan itu juga merupakan kesukaan pemain film Virgin.

Tak lain adalah mi instan yang dibawakan sang manajer, Rita. Dalam Instagram Story-nya, Laudya Cynthia Bella pun menunjukkan mi instan yang belum dimasaknya.

Setelah dimasak, lengkap dengan telur setengah matang makanan itu disajikan untuk Engku Emran. "Mie indonesia Emang juaraaaa! #formyhusband," tulis Laudya Cynthia Bella sebagai keterangan video.

Sambil mengunggah makanan tersebut, Laudya Cynthia Bella pun berharap menjadi brand ambassador makanan ini. Untuk itu, ia pun enggan menyebutkan mereknya.

 Laudya Cynthia Bella bersama Engku Emran di Padang, Sumatera Barat (Foto: Instagram)

Sebelumnya, Laudya Cynthia Bella mengunggah foto dirinya saat menjalani prewedding di Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Ia pun menyapa Engku Emran dengan sebutan suami.

Di kolom komentar, Engku Emran pun membalasnya dengan bertanya, "Masak apa hari ini istriku?"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan PNS Tak Bisa Nikmati Elpiji Bersubsidi

Posted: 17 Sep 2017 09:38 PM PDT

PT Pertamina (Persero) telah bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah (pemda) untuk menerapkan penyaluran subsidi elpiji tepat sasaran. Langkahnya dengan memberlakukan imbauan pelarangan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengkonsumsi elpiji 3 Kilogram (Kg) bersubsidi.

Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar mengatakan, imbauan larangan PNS menggunakan elpiji bersubsidi, bertujuan agar PNS tidak mengkonsumsi elpiji bersubsidi karena dinilai sudah mampu‎.

"Sehingga subsidinya lebih mengena (tepat sasaran‎)," kata Iskandar, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Senin (18/9/2017).

Iskandar melanjutkan, elpiji bersubsidi disediakan pemerintah untuk masyarakat yang kurang mampu, ‎sehingga kurang tepat jika PNS menggunakan barang bersubsidi.

"Untuk diarahkan ke masyarakat yang kurang mampu," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Salah satu PNS yang dilarang menggunakan elpiji bersubsidi adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Sebelumnya, Pertamina mendapat dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat untuk melaksanakan penyaluran elpiji bersubsidi tepat sasaran.

Ini ditunjukkan dengan mengeluarkan peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2017 tentang larangan penggunaan Liquified Petroleum Gas (LPG) tabung ukuran 3 Kg. Dengan begitu, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) provinsi DKI Jakarta dilarang untuk menggunakan produk elpiji 3 Kg bersubsidi.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat, Yudi Nugraha mengatakan,‎ dalam rangka menjalankan larangan tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pertamina beserta Himpunan Wiraswasta Minyak dan Gas bumi (Hiswana Migas) menggelar sosialisasi.

"Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan dari Gubernur DKI Jakarta beserta jajaran. Kami berharap program ini dapat terus berjalan dengan baik, sehingga distribusi untuk produk bersubsidi menjadi tepat sasaran sesuai regulasi yang berlaku," kata Yudi.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Makam Siswa Korban Tarung Gladiator Dibongkar untuk Pemeriksaan

Posted: 17 Sep 2017 09:36 PM PDT

Polresta Bogor membongkar makam korban "tarung Gladiator" untuk melakukan penyidikan lanjutan atas kematian bocah malang tersebut.

Kejadian yang telah terjadi satu tahun yang lalu ini ditutupi oleh pihak sekolah dari publik. Warga mulai tahu kasus ini setelah ibunda korban membongkarnya di media sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inovasi Lalu Lintas Meikarta Lebih Aman dan Nyaman

Posted: 17 Sep 2017 09:34 PM PDT

Meikarta bukanlah sekadar pemukiman modern namun juga inovatif. Bahkan jaringan jalannya memakai sistem baru yang belum ada di dunia. Tujuannya adalah mengamankan pejalan kaki dan pengemudi kendaraan dari kecelakaan.

Inovasi dirancang dengan wujud 4-layer road. Layer terbawah untuk kendaraan yang hanya numpang lewat (tanpa berhenti), dan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung. Jalan ini juga didesain untuk melayani kendaraan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Di atasnya khusus untuk kendaraan bermotor penghuni Meikarta dan dilengkapi dengan lahan parkir. Tujuannya untuk menjaga privasi dan sekaligus keamanan berkendara para penghuni Meikarta.

Lebih atas lagi untuk kendaraan pengunjung yang hendak memanfaatkan berbagai fasilitas di Meikarta. Maklumlah, Meikarta tak cuma sebuah pemukiman, di dalamnya terdapat berbagai falilitas yang menyenangkan seperti pusat perbelanjaan, bioskop, café, taman, danau, pusat kebugara, tempat ibadah semua agama dan sebagainya.

Layer teratas khusus untuk pejalan kaki, yang menghubungkan 278 tower di Meikarta. Dengan demikian tak perlu ada trotoar di jalanan Meikarta. Maka para pengendara selain tak perlu takut akan menyerempet trotoar, pengendara kendaraan bermotor tak perlu khawatir menabrak pejalan kaki.

Secara keseluruhan, jalan-jalan di meikarta dibagun berdasarkan grid system seperti di New York. Dalam sistem ini diatur sedemikian rupa agar para pengendara bisa memilih berbagai rute untuk menuju sebuh tempat. Untuk menghindari kemacetan dan tabarakan, rute dibagi berdasarkan kecepatan tinggi, sedang, dan rendah untuk menghindari tabrakan dan kemacetan.

Jalan-jalan di Meikarta juga didesain agar para pengendara memiliki pemandangan luas agar bisa melihat situasi lalu lintas di segala arah. Mereka juga bisa lebih rileks karena lingkungan yang serba hijau. Maklumlah,Meikarta memang dibangun dengan konsep hijau.

Tujuan semua itu adalah menekan serendah mungkin angka kecelakaan. Perancang Meikarta belajar dari kenyataan bahwa kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di lingkungan pemukiman yang menggunakan sistem konvensional.

Lalu lintas memang diperhitungkan sangat serius oleh perancang Meikarta. Sesuai dengan harapan penghuni, selain sistem yang canggih, mereka menginginkan kualitas jalan yang tinggi. Mulus dan tahan lama.

Sebagaimana telah terbukti dalam banyak kasus, banyak pembeli hunian di sebuah pemukiman baru merasa tertipu karena kualitas jalan yang buruk. Hanya mulus beberapa tahun. Setelah itu mereka harus berpatungan untuk memperbaiki jalan yang penung lobang.

Menyadari akan kenyataan tersebut, meski mahal, pengembang Meikartamemakai bahan berstandar internasional dalam membagun jalan. Di samping itu, tim pemelihara juga akan bekerja siang malam untuk menjaga kemulusan semua jalan dilingkungan Meikarta.

Penerapan teknologi canggih anti maling kendaraan juga tak terlupakan. Maklumlah, pencurian kendaraan bermotor belakangan ini makin merajalela dan nekat. Para penjahat tak segan menggunakan kekerasan untuk merampas mobil atau menghadapi kejaran petugas keamanan. Di Meikarta, mereka tak akan berkutik.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Para Pemimpin Dunia Kumpul di New York, Ini 4 Isu yang Dibahas?

Posted: 17 Sep 2017 09:33 PM PDT

Sidang Majelis Umum PBB akan digelar pada 18 hingga 23 September di New York, Amerika Serikat. Sejumlah kepala negara termasuk Donald Trump dilaporkan akan menyampaikan pidato, sementara itu rangkaian pertemuan tingkat tinggi pun akan berlangsung.

Pidato pemimpin dunia dalam sidang Majelis Umum PBB akan menjadi fokus utama. Terlebih, jika disampaikan oleh sosok berpengaruh sekaliber Trump.

Apa yang Trump kemukakan, pihak mana yang akan ia singgung, tolong dan sebagainya serta bagaimana reaksi pemimpin dunia lainnya atas pidato Presiden AS tersebut merupakan topik yang cenderung mendominasi di markas besar PBB.

Kali ini merupakan kunjungan pertama Trump ke markas besar PBB sebagai presiden. Pada Desember 2016, Trump sempat menunjukkan sentimen negatif terhadap PBB.

"Kepada PBB, segalanya akan berbeda setelah 20 Januari," kicau Trump pada 24 Desember 2017. 20 Januari merujuk pada hari pelantikannya sebagai Presiden AS.

Lalu pada 27 Desember 2016 ia kembali mentwit, "PBB memiliki potensi yang begitu besar tapi saat ini hanyalah sebuah klub bagi orang untuk berkumpul, bicara, dan bersenang-senang. Sangat menyedihkan!".

Suami dari Melania tersebut juga pernah mengusulkan pengurangan sumbangan sukarela AS secara drastis ke PBB. Negeri Paman Sam sejauh ini merupakan pendonor terbesar organisasi internasional itu.

Tak hanya itu, dalam sejumlah isu, Trump juga mengambil sikap berseberangan dengan mayoritas negara anggota PBB. Salah satunya keluar dari Kesepakatan Iklim Paris.

Seperti dikutip dari The New York Times pada Senin (18/9/2017) berikut empat isu yang diprediksi akan menjadi fokus dalam Sidang Majelis PBB tahun 2017:

 

Saat ini, pembangkangan Korea Utara terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang uji coba rudal dan nuklir bak sebuah rutinitas. Meski dijatuhi berbagai sanksi, namun Korut tetap melanjutkan ambisinya menjadi kekuatan nuklir dunia.

Terbaru, pada Jumat 15 September, Pyongyang kembali menembakkan misil yang melintasi langit Jepang dan jatuh di Samudra Pasifik.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan, rudal Korut menempuh jarak sekitar 3.700 kilometer dan mencapai ketinggian maksimum 770 kilometer. Peluru kendali yang ditembakkan diketahui jenis rudal jarak menengah, Hwasong-12.

Uji coba rudal Korut tersebut terjadi hanya selang empat hari setelah sanksi terakhir DK PBB dan persiapan Sidang Majelis Umum berlangsung.

Pertanyaan besar pun menggelitik, apa yang akan dilakukan pemimpin Korut Kim Jong-un di saat para pemimpin dunia berkumpul di New York?

Sekretaris Jenderal PBB dan pejabat tinggi badan HAM menggambarkan pembunuhan dan penganiayaan yang terjadi terhadap warga Rohingya adalah pembersihan etnis. Nyaris setengah juta pengungsi Rohingya saat ini berada di Bangladesh dan jumlah mereka diperkirakan akan terus bertambah.

Terbaru, pada Jumat 15 September, tiga warga Rohingya tewas saat berebut bantuan berupa pakaian di dekat kamp pengungsian Rohingya di Kutupalong, Bangladesh.

Kematian tersebut dianggap merupakan peringatan nyata akan keputusasaan warga Rohingya yang saat ini mengungsi di kamp-kamp dekat perbatasan Myanmar-Bangladesh. Diperkirakan 409 ribu pengungsi telah tiba di kawasan tersebut sejak 25 Agustus 2017. Angka ini dua kali lipat dari jumlah pengungsi Rohingya yang sudah ada sebelumnya.

Pemimpin de facto yang juga State Counsellor Myanmar, Aung San Suu Kyi, memutuskan tidak akan menghadiri Sidang Majelis Umum PBB. Menurut Juru Bicara Pemerintah Myanmar Zaw Htay, Suu Kyi memilih absen demi mengatasi krisis Rohingya.

Suu Kyi dijadwalkan akan menyampaikan pidato pertamanya terkait krisis di Rakhine pada Selasa 19 September. Htay menyebut, dalam pidatonya, Suu Kyi akan bicara mengenai "rekonsiliasi nasional dan perdamaian".

China, salah satu anggota DK PBB yang juga sekutu Myanmar, sejauh ini belum mengeluarkan pernyataan untuk menyerukan diakhirinya operasi militer di Rakhine. Merespons krisis Rohingya, apa yang akan disampaikan oleh para pemimpin dunia? Akankah DK PBB tetap menunjukkan tanggapan ringan di tengah tekanan dunia untuk bertindak cepat?

Presiden Donald Trump dan Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley selama ini bersikeras menyatakan bahwa Iran adalah sponsor terorisme. Keduanya mengusulkan agar AS meninggalkan kesepakatan nuklir tahun 2015 yang dinegosiasikan oleh pemerintahan Barack Obama dan lima negara lainnya demi membatasi aktivitas nuklir Iran.

Trump bahkan menggambarkan kesepakatan nuklir Iran sebagai salah satu perjanjian terburuk yang pernah dinegosiasikan. Dalam ajang Sidang Majelis Umum PBB, akankah Trump secara gamblang menyatakan penolakannya?

Sejumlah diplomat Barat telah mengungkapkan kekhawatiran mereka terkait dengan sikap permusuhan Trump terhadap kesepakatan nuklir tersebut. Menurut mereka, itu dapat menciptakan ketidakpastian yang mengkhawatirkan di tengah tantangan dunia menghadapi program nuklir dan rudal Korut.

Sebuah pertemuan yang menghadirkan pihak-pihak yang terlibat dalam kesepakatan nuklir, di antaranya Inggris, China, Prancis, Jerman, Rusia, dan AS serta tentu saja Iran akan digelar di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB pada Rabu waktu setempat.

Namun, tidak ada harapan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Sama halnya dengan tidak ada harapan bagi Trump untuk bertatap muka dengan Presiden Hassan Rouhani.

Sidang Majelis Umum PBB berlangsung ditengah bencana kekeringan, banjir, dan badai. Sejumlah wilayah di AS masih dalam masa pemulihan akibat terjangan badai Harvey dan Irma. Menarik untuk menyimak tentang apa yang akan disampaikan oleh para pemimpin dunia terkait persoalan lingkungan?

Trump sendiri telah mengulang skeptisisme perubahan iklimnya pasca-berkunjung ke Florida. Ia katakan, "Kami pernah mengalami badai yang lebih besar dari ini".

Namun teranyar, Menlu AS Rex Tillerson menekankan bahwa pihaknya akan tetap berada dalam Kesepakatan Iklim Paris, hanya saja dengan syarat-syarat tertentu.

Dalam program CBS "Face the Nation", Tillerson mengatakan bahwa Presiden Trump "terbuka untuk menemukan kondisi di mana kita dapat tetap terlibat dengan orang lain mengenai apa yang kita semua sepakati merupakan masalah yang menantang".

Lebih lanjut ia menambahkan, "Kami bersedia bekerja sama dengan mitra-mitra dalam Kesepakatan Iklim Paris, jika kita dapat merancang seperangkat ketentuan yang adil dan seimbang bagi rakyat Amerika dan menghargai ekonomi kami".

Namun, Tillerson mengatakan masalahnya masih terkait perbedaan komitmen antara AS dan China.

"Jika kita lihat target-target itu dalam kaitannya dengan Kesepakatan Iklim Paris, tampak benar-benar tidak seimbang untuk AS dan China, dua ekonomi terbesar di dunia," katanya.

Sebelumnya, pada Sabtu 16 September, Gedung Putih menegaskan, Trump tidak akan mengubah pikiran untuk menarik AS dari Kesepakatan Iklim Paris kecuali ada "ketentuan-ketentuan yang pro-Amerika".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Sandal Kristal Nicole Kidman di Emmy Awards Bikin Salah Fokus

Posted: 17 Sep 2017 09:30 PM PDT

Pasangan selebriti, Nicole Kidman dan Keith Urban setibanya pada ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Nicole tampil memikat dengan gaun merah dari Calvin Klein. (Dan Steinberg/ Invision for the Television Academy/AP Images)

Pasangan selebriti, Nicole Kidman dan Keith Urban setibanya pada ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Nicole tampil memikat dengan gaun merah dari Calvin Klein. (Dan Steinberg/ Invision for the Television Academy/AP Images)

Aktris Nicole Kidman berpose di karpet merah ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Dari semua item yang dipakainya, Nicole terlihat sangat sempurna kecuali dengan tampilan sandalnya. (Danny Moloshok/AP Images)

Aktris Nicole Kidman berpose di karpet merah ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Dari semua item yang dipakainya, Nicole terlihat sangat sempurna kecuali dengan tampilan sandalnya. (Danny Moloshok/AP Images)

Detail sandal merah muda yang dikenakan Nicole Kidman pada ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Sandal dari Calvin Klein itu memiliki hiasan kristal yang berbeda pada bagian sepatu kanan dan kiri (Richard Shotwell/Invision/AP)

Detail sandal merah muda yang dikenakan Nicole Kidman pada ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Sandal dari Calvin Klein itu memiliki hiasan kristal yang berbeda pada bagian sepatu kanan dan kiri (Richard Shotwell/Invision/AP)

Pasangan selebriti, Nicole Kidman dan Keith Urban berpose di karpet merah ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9).  Walau sudah 11 tahun menikah, pasangan aktris dan musisi ini selalu terlihat mesra. (Richard Shotwell/Invision/AP)

Pasangan selebriti, Nicole Kidman dan Keith Urban berpose di karpet merah ajang penghargaan Emmy Awards 2017 di Los Angeles, Minggu (17/9). Walau sudah 11 tahun menikah, pasangan aktris dan musisi ini selalu terlihat mesra. (Richard Shotwell/Invision/AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersama Legenda MU, Kurniawan Dwi Yulianto Hadapi Ronaldinho

Posted: 17 Sep 2017 09:30 PM PDT

Striker legendaris Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Julianto, berkesempatan bermain satu tim dengan legenda Manchester United (MU), Ryan Giggs. Keduanya tergabung dalam Mumbai Warriors yang ikut ambil bagian pada Premier League Futsal, di India, 16 September 2017. 

Di laga pembukan Futsal Premier, Kurniawan dan Ryan Giggs yang memperkuat MU sejak 1990-2014 menantang tim Delhi Dragons yang dihuni oleh mantan pemain Timnas Brasil, Ronaldinho. Pertandingan berlangsung seru, dan Ronaldinho tampil menawan lewat empat gol yang dilesakkannya ke gawang Mumbai. 

Gol pertama Ronaldinho lahir saat laga baru berlangsung 3 menit memanfaatkan umpan Leandro De Jesus. Seperti dilansir firstpost.com, Ryan Giggs nyaris menyamakan kedudukan. Namun tendangan kerasnya masih diblok kiper Delhi, Stalna Matias.

Delapan menit kemudian, Mumbai akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat Zulkarnan Rico. Namun lima menit kemudian, Ronaldinho kembali menunjukkan kemampuannya sebagai mantan pemain paling tajam di dunia. Sontekannya memanfaatkan bola muntah di depan gawang Delhi gagal dibendung oleh penjaga gawang lawan. 

Ronaldinho kembali mencetak gol di babak kedua. Menyambut umpan matan di depan gawang, mantan pemain Barcelona itu dengan mudah memperdayai penjaga gawang lawan. 

Beberapa menit kemudian, Ronaldinho kembali mencatatkan namanya di papan skor. Lewat kerjasama satu-dua dengan rekannya, Ronaldinho membawa timnya memimpin 4-1. 

Warriors berusaha bangkit di sisa waktu yang ada. Francini Lucas dan Giggs akhirnya memperkecil jarak menjadi 3-4. Skor ini terus bertahan hingga pertandingan usai. 

Dalam duel ini, Kurniawan harus bersabar. Sebab mantan pemain yang akrab dijuluki si Kurus itu harus duduk di bangku cadangan. Sementara tim inti Mumbai Warriors dihuni oleh Ryan Giggs, Antonio, Gonzalves, Rico, dan Francin dengan pelatih Tiago Polido. 

Kesempatan berada satu tim bersama Ryan Giggs tentu saja tidak disia-siakan Kurniawan. Mantan pemain PSM Makassar itu menyempatkan waktu berfoto bersama Giggs dan mengunggahnya di akun media sosial Instagram. "Rekan Setim," tulis Kurniawan. 

Saksikan juga video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

Kurniawan Dwi Yulianto tampil bersama legenda MU, Ryan Giggs di arean futsal (Instagram)

Selain Ronaldinho, kehadiran Giggs menjadi pemanis turnamen ini. Seperti diketahui, Giggs merupakan bagian dari generasi emas Seran Merah yang tergabung dalam 'Class 92'. 

Selama memperkuat MU, Giggs telah mempersembahkan sederet trofi bergengsi, termasul  13 gelar Premier League dan dua gelar Liga Champions. Sejak 1990 hingga 2014, Giggs telah memperkuat MU sebanyak 672 kali dan mencetak 114 gol sepanjang kariernya. 

Sementara itu, Kurniawan juga merupakan legenda hidup timnas Indonesia. Striker jebolan program PSSI Primavera tersebut pernah menyandang pemilik caps terbanyak sebelum akhirnya dilewati Bambang Pamungkas yang masih aktif bermain hingga saat ini.  

Di era kejayaannya, Kurus dikenal sebagai striker lincah. Sepanjang karier bersama Timnas, Kurniawan telah tampil sebanyak 59 kali dan mencetak 33 gol bagi Tim Merah Putih. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Tukang Ojek Korban Pembunuhan Pria Tak Bermodal

Posted: 17 Sep 2017 09:30 PM PDT

Seorang tukang ojek asal Pekanbaru bernasib tragis. Ia dibunuh penumpang yang menyewa jasanya untuk diantarkan dari Pekanbaru menuju daerah perbatasan antara Kabupaten Siak dan Pelalawan.

Jasadnya kemudian dibuang ke dalam parit perkebunan sawit di Jalan Poros, Simpang Perak Jaya, Kerinci Kanan, pekan lalu. Tubuhnya baru ditemukan warga pada Sabtu, 9 September 2017, tanpa identitas melekat di tubuhnya, sehingga polisi menamainya Mr. X.

Satreskrim Polres Siak yang menangani kasus itu terus mencari informasi dan menyebarkan informasi tentang Mr. X. Pencarian itu membuahkan hasil setelah beberapa hari kemudian, ada keluarga yang melaporkan kehilangan anggota keluarganya ke kantor polisi di Pekanbaru. Pihak kepolisian lantas mencocokkan ciri-ciri korban dan pakaian.

Informasi dari keluarga korban cocok dengan mayat yang ditemukan di Kerinci Kanan. Dari situ terungkap korban bernama Mukhlis (55), warga Tenayan Raya, Pekanbaru.

Dilansir Antara, Kapolres Siak AKBP Restika P. Nainggolan melalui Kapolsek Kerinci Kanan AKP Herman Pelani menerangkan, saat ditemukan, tukang ojek itu menggunakan celana jeans warna hitam, baju kemeja biru bergaris putih, dan jaket hitam yang bertuliskan Kawasaki dengan ikat pinggang warna cokelat.

Pada leher korban ditemukan luka tusukan, sementara kaki serta tangan dalam keadaan terikat tali rafia warna hitam. Dari hasil autopsi ditemukan resapan darah pada daerah kulit kepala bagian dalam, otot pelipis kanan, kulit leher bagian dalam, dan iga ke delapan dan ke sembilan sebelah kanan akibat pukulan benda tumpul.

Penyelidikan kasus mengarahkan sosok pembunuhnya pada Yohanes Simbolon. Pria itu nekat menjerat leher Mukhlis dengan tali rafia yang sudah disiapkan.

"Korban kemudian ditemukan tiga pemancing karena mencium bau tak sedap. Tangan dan kaki korban terikat tali rafia ketika ditemukan," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo, Senin (18/9/2017) pagi.

Guntur menerangkan, sepekan lebih menyelidiki kasus, penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Siak menemukan titik terang setelah mendapat laporan ada sepeda motor Honda Beat milik korban terlihat di Kabupaten Pelalawan.

Mendapat informasi ini, petugas bergerak ke Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan pada 16 September 2017. Petugas mengumpulkan ciri-ciri pembawa sepeda motor milik korban.

"Akhirnya petugas melihat seorang pria mengendarai sepeda motor korban dan mengikutinya. Pelaku kemudian ditangkap di Jalan Akasia, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan," kata Guntur.

‎Kepada petugas, Yohanes mengakui telah membunuh tukang ojek tersebut. Saat berangkat ke Pekanbaru, ia sudah membawa sejumlah peralatan untuk mendukung niatnya mencuri sepeda motor.

Berada di jalanan sepi, Yohanes mengeluarkan tali yang dibawanya dan menjerat leher korban. Setelah tewas, kaki dan tangan korban diikat dan dibuangnya ke dalam parit bersemak-semak.

"Pengakuannya lagi karena ingin punya sepeda motor," kata Guntur.

Atas perbuatannya ini, pelaku disebut Guntur bisa terkena hukuman mati karena merencanakan pembunuhan terhadap tukang ojek. Guntur menyebut Yohanes kini dijerat dengan Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pembunuhan berencana.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Nikmati Malam Romantis, Raisa Malah Tampak Bersedih

Posted: 17 Sep 2017 09:30 PM PDT

Perjalanan bulan madu Raisa dan sang suami, Hamish Daud, di Italia belum berakhir. Pasangan yang resmi menikah pada 3 September 2017 itu masih rajin membagikan momen romantis bulan madu melalui Instagram pribadi masing-masing.

Salah satunya terlihat dalam sebuah video yang diunggah Raisa di Instagram Story, Minggu (17/9/2017). Video tersebut menunjukkan seorang seniman jalanan di Eropa yang tengah melantunkan lagu klasik melalui cello yang ia gesek. Diketahui Hamish dan Raisa sedang menikmati bulan madu.

 Setelah menggelar pesta pernikahan di Hotel Ayana MidPlaza, Jakarta Pusat, Minggu (3/9/2017), pasangan suami-istri ini kembali menghelat resepsi pernikahan  di Pulau Dewata Bali pada hari Sabtu, 9 September 2017. (Instagram/_yourraisa)

Meski tidak memperlihatkan wajahnya dan sang suami, Raisa mengungkap bahwa dirinya tengah melalui momen yang sangat romantis. "Can't get more romantic than this (Enggak bisa lebih romantis lagi dari ini)," tulis Raisa, lengkap dengan emoticon hati berwarna merah muda.

Namun, momen yang diunggah keesokan paginya justru tampak bertolak belakang. Raisa yang mengenakan dress sederhana berwarna merah malah tampak seperti bersedih. Tangan kanannya pun seakan sedang mengelap air mata.

Jangan berprasangka buruk dahulu, rupanya pose tersebut hanya kebetulan lantaran dipotret ketika sang penyanyi sedang bergerak. "Pose kyk mau nangis tapi OOTD shot bagus. Ok upload!" tulis Raisa.

 

Raisa dan Hamish Daud menggelar prosesi pernikahan adat Sunda di Jakarta. Seminggu kemudian, pasangan yang berhasil membuat warganet baper dan menyerukan tagar #HariPatahHatiNasional itu kembali menggelar resepsi pernikahan bagi keluarga dan kerabat dekat di Uluwatu, Bali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI: Korban Video Pornografi Anak Perlu Direhabilitasi

Posted: 17 Sep 2017 09:30 PM PDT

Anak-anak yang jadi korban Video Gay Kids (VGK) mencuri perhatian tersendiri bagi Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Hal ini karena konten pornografi anak yang beredar memperlihatkan hubungan seksual anak laki-laki dengan sesama jenis.

 

Untuk itu, KPAI meminta anak-anak yang menjadi korban mendapatkan rehabilitasi. Upaya ini diperlukan untuk memulihkan kondisi anak sekaligus melindungi anak dari pelaku pornografi lain.

"Kami akan bekerjasama dengan pemerintah daerah (pemda) setempat agar anak-anak yang menjadi korban video pornografi anak (anak-anak yang tampil dalam video gay anak) bisa direhabilitasi. Kerja sama dengan pemda ini karena (kemungkinan) pembuatan konten video tersebut tidak hanya fokus di satu lokasi saja," jelas Komisioner KPAI Bidang Pornografi dan Cyber Crime, Margaret Aliyatul Maimunah, saat dihubungi Health Liputan6.com pada Senin (18/9/2017).

Hal tersebut didukung ketiga pelaku yang ditangkap dari tiga lokasi. Tersangka Y dibekuk polisi pada 5 September 2017 di kediamannya, Purworejo, Jawa Tengah. Kemudian, H alias Uher ditangkap pada Kamis, 7 September 2017 di Garut, Jawa Barat. Pada hari yang sama, tersangka I juga diciduk polisi di Bogor, Jawa Barat.

 

Simak video menarik berikut ini:

Konten video pornografi anak ini disebarluaskan sekaligus dijual oleh para pelaku.

Dari penyelidikan Polda Metro Jaya, para pelaku kerap menggunakan aplikasi Twitter untuk melakukan transaksi jual video pornografi anak.

Hingga saat ini, pelaku sudah bertransaksi kepada 1.500 orang. Uang yang terkumpul sudah Rp 10 juta. Sebanyak kurang lebih 500 ribu video dan foto sudah disebarluaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Para Ahli Kembangkan Teknologi Komunikasi dengan Alien

Posted: 17 Sep 2017 09:30 PM PDT

Ahli astronom dari lembaga 'pemburu' alien Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI), kabarnya akan menciptakan teknologi untuk berkomunikasi dengan makhluk ekstraterestrial.

Artikel tentang teknologi untuk berkomunikasi dengan makhluk asing ini ternyata menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari informasi pre-order iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, dan pembaruan di Gmail yang memungkinkan mengubah password, profil, serta pengaturan privasi melalui apikasi Gmail di Android.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. Manusia Mulai Uji Coba Kontak Alien pada 2018

Apakah kamu percaya akan keberadaan alien? Jika ya, ada kabar gembira. Ahli astronom dari lembaga 'pemburu' alien Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI), kabarnya akan menciptakan teknologi untuk berkomunikasi dengan makhluk ekstraterestrial dalam waktu dekat. Teknologi itu akan diuji coba mulai 2018.

Menurut yang dilansir CNET, Minggu (17/9/2017), belum banyak informasi yang bisa diungkap tentang teknologi ini, terkait bahasa apa yang akan dipakai, ke (planet) mana pesan tersebut akan dikirim, dan topik apa yang akan dibahas.

Yang pasti, teknologi tersebut dinamai sebagai Messaging Extraterrestrial Intelligences atau METI.

Selengkapnya baca di sini

2. Apple Mulai Gelar Pre-order iPhone 8 dan 8 Plus

Apple telah mengumumkan tiga iPhone terbaru beberapa hari lalu, dan kini sesi pre-order dua di antaranya telah digelar. Pre-order iPhone 8 dan 8 Plus bisa dilakukan di website Apple atau sejumlah saluran ritel.

Dilansir GSM Arena, Minggu (17/9/2017), Apple menerima pre-order di situs web Apple.com dan sejumlah ritel, seperti Best Buy, Verizon, AT&T, Sprint, dan T-Mobile. Pengapalan unit yang dipesan dan penjualannya di toko-toko akan dimulai pada 22 September 2017.

Peluncuran perdana iPhone 8 dan 8 Plus di pasar akan digelar di 28 negara. Beberapa di antaranya Amerika Serikat, Inggris, Australia, Austria, Belgia, Kanada, Tiongkok, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Irlandia, Italia, Jepang, dan Meksiko.

Selengkapnya baca di sini

3. Pengguna Gmail Android Kini Bisa Ganti Password Lewat Aplikasi

Google tak henti merilis fitur-fitur baru untuk berbagai layanannya, termasuk Gmail. Layanan email Google itu baru saja mendapatkan pembaruan yang kian memudahkan para pengguna Android.

Dilansir Phone Arena, Minggu (17/9/2017), para pengguna kini bisa mengubah sejumlah pengaturan akun Gmail secara langsung dari aplikasi mobile. Fungsi baru yang disuguhkan antara lain pengguna bisa mengubah password, informasi profil, serta pengaturan privasi dan keamanan melalui aplikasi Gmail.

Fungsi anyar ini mungkin tidak terlihat begitu hebat. Namun, sebelumnya para pengguna Android harus mengakses Gmail versi desktop untuk melakukan sejumlah hal tersebut.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Filipina, Fadli Zon Bawa Kabar Gembira untuk Anggota DPR

Posted: 17 Sep 2017 09:26 PM PDT

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melakukan pertemuan dengan Ketua Parlemen Filipina Pantaleon D Alvarez, di sela-sela Sidang Umum ke-38 AIPA di Manila. Usai pertemuan, Fadli Zon mengungkapkan kabar gembira untuk anggota DPR RI.

"Ada yang menggembirakan, saat makan siang dengan Pantaleon, Ketua DPR sini (Filipina), di sini katanya pembuatan undang-undangnya sangat lamban. Ini berita bagus buat DPR RI. Karena dari 210 rancangan undang-undang dalam satu tahun, yang berhasil mereka selesaikan delapan. Kita (DPR RI) buat 40, yang selesai delapan juga. Jadi jauh lebih bagus kinerja DPR kita daripada di Filipina," ujar Fadli saat bertemu dengan diaspora Indonesia di KBRI Manila, Filipina, Minggu (17/9/2017). 

Menurut politikus Partai Gerindra ini, parlemen Filipina mengaku sudah lelah dengan sistem kameral yang dianutnya. Sebab, sistem itulah yang menjadi penyebab lambannya proses pembuatan undang-undang di parlemen Filipina.

"(Selain anggota parlemen) Senator juga bilang sistem kameral kadang buat kacau. Dari DPR sini (Filipina) buat undang-undang dibawa ke senat, dari senat dibawa lagi ke DPR. Jadi buat satu undang-undang luar biasa sulit, panjang, melelahkan, sedikit. Jadi buat rekan DPR RI ini salah satu berita gembira," kata Fadli. 

Ia menjelaskan, dengan perbandingan jumlah undang-undang yang dibuat dan diselesaikan parlemen Filipina, kinerja DPR Indonesia lebih baik 25 persen.

"Cuma kadang-kadang masyarakat kita selalu yang dihitung adalah produk undang-undang, seolah DPR pabrik undang-undang. Padahal kita bukan seperti pabrik sepatu yang selalu ditanya berapa produksi sepatu dalam setahun. Seharusnya yang dilihat itu prosesnya, itu membuatnya lama sekali," Fadli memungkas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Jaga Ketat Kantor YLBHI

Posted: 17 Sep 2017 09:25 PM PDT

Setelah terjadinya bentrokan antara massa yang mengepung kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan polisi dini hari tadi, Senin (18/9/2017), saat ini kepolisian menjaga ketat kawasan tersebut.

Pengamanan masih diturunkan mengingat banyaknya massa yang melakukan aksi tadi malam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Inilah Gambaran Umum Prospek Ekonomi Meikarta

Posted: 17 Sep 2017 09:24 PM PDT

Berbicara tentang perekonomian nasional, tak mungkin mengabaikan peran strategis Bekasi, dimana Meikarta berlokasi. Di sini industrialisasi berjalan paling kencang di Indonesia. Pemerintah pun terus memacu pertumbuhan kawasan ini sebagai pusat ekonomi nasional meski puluhan kawasan industri telah berdiri di sana.

Lokasi Bekasi memang strategis. Di satu sisi berada di jalan tol yang menghubungkannya dengan dua kota pelabuhan besar, yaitu Jakarta dan Cirebon. Di lain sisi berada di jalur tol Jakarta-Bandung.

Sesuai pepatah 'ada gula ada semut', investasi akan membuat arus investasi ke Bekasi menderas. Para investor tentu bergairah untuk memanfaatkan pembangunan infrastruktur secara massif yang sedang digenjot pemerintah. Mereka sadar bahwa Bekasi tersebut bakal memiliki yang keunggulan yang terlalu sulit diimbangi oleh kawasan lain.

Berdasarkan kenyataan tersebut, tak aneh bila Lippo Group berani membangun kawasan pemukiman raksasa. Investasi sampai ratusan triliun rupiah yang ditanam Lippo jelas terkait dengan kemajuan ekonomi yang akan melaju lebih cepat.

Keyakinan Lippo memang tak mengada ada. Bayangkan, hanya dalam waktu empat bulan, sampai dengan Grand Launching pada 17 Agustus lalu, apartemen Meikarta laris manis terjual. Maka perhitungan bahwa masyarakat akan berduyun duyun pindah ke Meikarta makin mendekati kenyataan.

Meikarta memang istimewa, dan belum ada yang bisa menandingi baik dari sisi konsep, luas, dan jumlah huniannya. Pada dasarnya, yang ditawarkan oleh Meikarta adalah kenyamanan dan rasa aman.

Bayangkan, di Meikarta ada semua fasilitas yang dibutuhkan oleh penghuni sebuah kota modern. Sarana pendidikan dari TK sampai universitas, pusat bisnis, ruang terbuka hijau, tempat rekreasi dan sebagainya. Dengan kata lain, penghuni Meikarta tak perlu pergi keluar untuk memenuhi keutuhan sehari harinya.

Maka tak mengherankan bila Maxxbox, showroom Meikarta di Bekasi setiap hari dipadati oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah. Tinggal tunggu waktu saja bahwa Meikarta akan menjadi sebuah pemukiman modern dengan pertumbuhan paling cepat di Indonesia. Perlu juga diketahui, Meikarta dirancang dengan mengacu pada konsep infrastruktur negara bagian New York dan kota Tokyo.

Daya tarik lain adalah tentu saja lokasi sangat strategis. Yakni di jantung Bekasi, yang merupakan kawasan prioritas pertumbuhan industri nasional. Luas kawasan industri di kabupaten ini bahkan telah mencapai 6.719,4 hektar, terluas di Asean. Inipun masih akan ditambah lagi dengan 8 kawasan industri baru.

Industrialisasi di Bekasi memang paling maju di Jawa Barat, dan kedua setelah Jakarta. Jawa Barat sendiri merupakan provinsi terdepan di bidang industri. Dari 74 kawasan industri di Indonesia, 40 berada di Jawa Barat, dan 18 di Bekasi. Kenyataan inilah yang membuat Jawa Barat tumbuh menjadi penyumbang PDB terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Jawa Timur.

Bisa dipastikan, pertumbuhan Bekasi bakal melaju makin kencang ketika pembangunan sejumlah infratruktur raksasa rampung. Proyek ini adalah jalur kereta cepat Jakarta-Bandung dimana salah satu stasiunnya berada diMeikarta, pelabuhan Patimban di Subang, Bandara internasional Kertajati di Majalengka, jalan tol baru yang memenghubungkan Bekasi dengan Kampung Melayu, dan LRT jurusan Cawang.

Pada awal Agustus lalu, dalam pertemuan bersama antara Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kementerian Perhubungan, Kementarian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, perwakilan pemerintah daerah kota Bekasi, dan kabupaten Bekasi dengan PT Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC) disepakati, semua pihak akan memperlancar penyediaan lahan untuk jalur kereta cepat Jakarta-Bandung.

Sementara itu, warga Meikarta juga akan dilayani Light Rail Transit (LRT). Rute pertama kereta ringan ini mulai bisa dinikmati pada awal 2019. Rute ini menghubungkan Cibubur-Cawang. Panjang rute ini adalah 42,1 KM. Tahap berikutnya adalah rute Cawang-Dukuh Atas, lalu disusul dengan Bekasi Timur-Cawang. Secara keseluruhan rel LRT yang akan dibangun adalah 83,6 kilometer.

Pada 2019, ketika pembangunan pelabuhan Patimban rampung, bisa dipastikan bahwa arus barang dari dan ke Tanjung Priok, yang sekarang sering kewalahan, akan menjadi lancar. Sedangkan Kertajati, yang dijadwalkan rampung tahun depan, akan mengambil alih sebagian peran Soekarno-Hatta yang sudah lama kewalahan menghadpi lonjakan penumpang.

Maka tak berlebihan bila Meikarta adalah kota masa depan. Perekonomiannya akan berkembang pesat karena investasi membanjir seiring dengan rampungnya pembangunan infrastuktur yang sudah lama diharapkan oleh industri maupun masyarakat.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Natalie Sarah Meninggal Setelah 7 Tahun Melawan Kanker

Posted: 17 Sep 2017 09:20 PM PDT

Kabar duka datang dari artis cantik Natalie Sarah. Sang ibunda tercinta, Nurmiati Siahaan, meninggal dunia di usia 60 tahun di Rumah Sakit Darmais, Jakarta, Minggu (17/9/2017) pukul 17.30 WIB karena penyakit kanker payudara.

Diutarakan Natalie Sarah, sel kanker ibundanya telah menyebar ke organ lain. " Karena kanker, cuma karena sudah nyebar ke paru, ke jantung. Terus kemarin kena stroke, makanya semakin drop," kata Natalie Sarah kepada pewarta, Minggu (17/9/2017) malam.

Sejak tahun 2001, Natalie Sarah memeluk agama Islam. Pertentangan keluarganya tidak membuatnya goyah dalam menentukan keyakinannya. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Ibunda Natalie Sarah sudah berjuang melawan kanker payudara sejak bertahun-tahun lamanya. Sejumlah upaya untuk menyembuhkan penyakitnya pun telah dilakukan, seperti kemoterapi juga operasi. Namun Tuhan memang berkehendak lain.

"Dia sebenarnya pasien kemo, jadi sudah dari sudah kena kanker sejak tujuh tahun yang lalu. Sudah diangkat, terus ada lagi kankernya sejak Januari kemarin. Mulai Maret sampai Juni kemarin sudah pengobatan," ia menceritakan.

Kondisinya semakin menurun karena memang ada komplikasi penyakit lain. "Cuma selagi menjalani kemo ada penyakit baru, gejala stroke, kakinya enggak bisa jalan, lidahnya cadel," ujarnya.

Natalie Sarah. Foto: Panji Diksana/Liputan6.com

Natalie Sarah melanjutkan, "Lama-kelamaan enggak bisa ngomong, perutnya sudah enggak bisa cerna apa-apa, jadi kayak udah enggak bisa. Tadi aja dokter bilang udah nyerah. Dokter bilang tinggal tunggu mukjizat saja."

Jenazah saat ini sedang disemayamkan di rumah duka di kawasan Perumnas Klender, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur. Rencananya pemakaman akan dilakukan di TPU Pondok Ranggon, Senin (18/9/2017) sore.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ambisi Johann Zarco Jadi Aktor Utama MotoGP

Posted: 17 Sep 2017 09:15 PM PDT

Tenang, bahagia, dan termotivasi jadi pedoman Johann Zarco mengarungi MotoGP musim ini. Zarco merasa lebih kuat dari hari ke hari untuk bersaing di barisan depan pembalap.

Pemilik dua gelar di kelas Moto2 ini sudah mengumpulkan 110 poin di MotoGP. Sebagai seorang debutan, rapor ini tidak terlalu buruk karena dia mampu menempati posisi keenam di klasemen sementara.

Dari 13 balapan di kelas elite musim ini, pembalap yang tergabung dengan tim Yamaha Tech3 ini baru sekali mengumpulkan podium. Keberhasilan Zarco dicetak pada balapan kandang di Le Mans, Prancis.

Zarco juga dikenal sebagai petarung sejati di lintasan balap kuda besi. Dia tidak pernah minder untuk bertempur dengan pembalap teratas saat tengah berebut tempat di podium, terutama dengan Valentino Rossi.

Tercatat sudah dua kali pertempuran Zarco versus Rossi tersaji di lintasan balap. Inilah yang membuat banyak pihak menganggap ia pantas menggantikan peran The Doctor di tim Movistar Yamaha ketika nomor 46 itu memutuskan pensiun.



Gesekan kedua di lintasan balap MotoGP selalu menjadi topik yang menarik. Namun, bagaimanapun Zarco mengklaim itu hanya sebuah usaha dan begitulah seorang pembalap debutan belajar dengan senior.

"Saya berusaha untuk melakukannya dengan baik. Begitulah cara Anda belajar sedikit demi sedikit terhadap pembalap yang berada di depan. Anda tidak masuk kategori jika hanya menonton aksi pembalap di depan, Anda juga harus menjadi aktor utama," tutur Zarco, seperti dikutip dari Insella, Senin (18/9/2017). (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kini, Perusahan Bisa Lapor Ketenagakerjaan secara Online

Posted: 17 Sep 2017 09:14 PM PDT

Kini, perusahaan tak perlu susah payah memenuhi kewajiban wajib lapor atas kondisi ketenagakerjaannya secara manual ke Kementerian Ketenagakerjaan. Pekan lalu, Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan fasilitas penerimaan laporan secara online www.wajiblapor.kemnaker.go.id.

"Fasilitas ini mempermudah perusahaan melaporkan kondisi ketenagakerjaannya. Dengan online, laporanbisa dilakukan secara cepat, mudah, murah," kata Mentri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri saat meluncurkan fasilitas Wajib Lapor Ketenagakerjaan Online, di Hotel Grand Asrilia Bandung, pekan lalu.

Selain mempermudah perusahaan melapor, sistem online juga mempermudah pengawas ketenagakerjaan melakukan pengawasan.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan, perusahaan berkewajiban melaporkan perihal perusahaanya kepada Kementrian Ketenagakerjaan. Laporan meliputi pendirian, penghentian, menjalankan kembali, memindahkan atau membubarkan perusahaannya.

Tiap tahun, perusahaan juga wajib melaporkan kondisi ketenagakerjaan, antara lain berisi identitas perusahaan, jumlah pekerja, jabatan, hubungan ketenagakerjaan, perlindungan atau jaminan sosial tenagakerja, lowongan kerja, berapa jumlah pekerja asing, dan sebagainya.

Menurut Menaker, sistem pelaoran secara online meruakan respon atas perkembangan teknologi, dimana birokrasi juga harus melakukan terobosan penyesuaian layanan. Tinggalkanlah cara tradisional, beralih ke modern guna mempermudah pelayanan sekaligus mempermudah stakeholder melaksanakan kewajiban.

Saat terjadi perubahan yang dahsyat di tengah masyarakat sebagai dampak teknologi digital, lanjut Menaker, birokrasi tidak bisa bekerja begitu-begitu saja. Semuanya harus meletakkan situasi perubahan yang terjadi dalam situasi persaingan yang inovatif.

"Di era persaingan, kinerja harus melebihi standar. Jika tidak bekerja di atas standar maka akan kalah," ujar Menaker. 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menu Tempoe Doeloe Bisa Dinikmati di Festival Kota Lama Semarang

Posted: 17 Sep 2017 09:11 PM PDT

Anda pernah mencicipi menu makanan tempo dulu? Makan Mini Socijsbrood? Amandel en bitterballen? Soep tomat ala Oma Oen yang sangat terkenal bernama Heldere tomatensoep met balletjes?

Nah, bagi yang ingin bernostalgia dengan makanan tempo doeloe, segera langkahkan kaki ke Festival Kota Lama 2017. Even yang digelar di Area Retensi Tawang Kota Lama, Semarang itu siap menyapa penikmat kuliner pada 23-24 September 2017.

"Event Festival Kota Lama kembali menyapa. Tahun ini sudah berjalan ke-enam kalinya," ujar Partono, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Sabtu (16/9/2017).

Bersama Oen's Semarang Foundation (OSF), "AMBO" sebagai stakeholder Kota Lama, "Vrienden van Kota Lama", masyarakat peduli Kota Lama yang berdomisili di Belanda, serta masyarakat dan komunitas peduli Kota Lama yang ada di Kota Semarang, sebuah even kuliner tempo doeloe pun coba di-create. Agenda puncaknya, Gala Dinner yang menyediakan beragam makanan tempo dulu.

Dengan menyiapkan dana Rp 200 ribu per orang, Anda sudah bisa mencicipi beragam makanan tempo doeloe. Sekilas, harga yang dipatok panitia memang terlihat agak mahal. Namun, bila melihat menu yang dihidangkan dan bagaimana acara ini dikemas dengan berbagai hiburan, budget Rp 200 ribu bakal terasa sangat murah.

Semua makanan tempo doeloe nantinya bisa dengan bebas dicicipi. Mulai dari Nostalgische snacks, seperti mini socijsbrood, amandel en bitterballen, Heldere tomatensoep met balletjes, Garnalensalade-cocktail (koktail slada udang), Kip met champignonsaus, hingga aardappels en groenten (steak ayam saus champignon dengan kentang goreng dan sayur), semua dipastikan siap disantap pengunjung.

Belum lagi nasi goreng Toko Oen, es krim legendaris Toko Oen tutti frutti ice cream, met vruchten en kruimels, dan koffie/thee met koekjes (kopi/teh dengan kue kering) buatan Toko Oen.

"Gala Dinner merupakan pembuka Festival Kota Lama 2017. Beragam agenda lainnya juga dikemas untuk memanjakan mata wisatawan. Pada Hari kedua, waktunya Car Free Day pindah ke Kota Lama. Setelah itu, aerobik, zumba, dan lomba line dance akan mengawali pembukaan Festival Kota Lama hari terakhirnya," ucap Partono.

Kemeriahan acara juga dilanjutkan dengan talkshow tentang Kota Lama dan Kita. Acara ini masih dalam rangkaian Festival Kota Lama 2017 yang nantinya digelar di Gedung Samudra Indonesia mulai pukul 15.00 WIB. Pengisi pembicaranya berasal dari Generasi Pesona Indonesia (GenPi) Jawa Tengah (Jateng) dan komunitas Instagram Semarang, Explore Semarang. Acara ini gratis untuk umum.

Malam harinya, digelar fashion show dan line dance yang akan dimulai dari pukul 19.00 WIB. Lokasinya berada di panggung Festival. Fashion show dan Dance on the Street bersama House of Pinky dan LPTB Susan Budihardjo ini menampilkan kolaborasi tari Belanda dan Jawa bersama tamu-tamu dari Belanda.

"Selain itu, festival yang mengusung Sepanjang Jalan Kenangan, juga ada acara walk tour kota lama, rally photo, Instagram competition, dan acara menarik lainnya," kata Partono.

Beragam kemeriahan tadi ikut disorot Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Dia mengaku sangat senang lantaran Semarang mulai rajin membuat even kreatif yang bisa mendatangkan banyak wisatawan.

"Ini bagus sekali. Kota Lama Semarang sudah masuk dalam "tentative list" UNESCO, yaitu nominasi daerah yang berpotensi menjadi Warisan Dunia. Lewat even-even kreatif seperti itu, mata dunia akan terus mengarah pada Semarang," ujar Arief.

Dengan rumus Pentahelix, dirinya yakin "tentative list" UNESCO tadi akan semakin cepat mendorong Kota Lama sebagai daerah tujuan wisata internasional.

"Tidak lagi menunggu siapa yang akan memulai, siapa yang berwenang, siapa yang memiliki tanggung jawab. Kuncinya Pentahelix, kerja bareng antara masyarakat, pemerintah, institusi pendidikan, media dan komunitas harus dimulai dari sekarang. Sinegisitas ini jadi kunci sukses," kata Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Emmy Awards 2017, Aktris Ini Puji Hillary Clinton

Posted: 17 Sep 2017 09:10 PM PDT

Kate McKinnon baru saja memenangkan penghargaan Emmy Awards 2017 berkat penampilannya di Saturday Night Live (SNL). Meraih kemenangan untuk kedua kali setelah tahun lalu, ia pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada mantan ibu negara Hillary Clinton, seperti disampaikan EOnline, Senin (18/9/2017).

Membawa pulang piala Emmy Awards 2017, Kate McKinnon memenangkan kategori Outstanding Supporting Actress in a Comedy Series pada Minggu (17/9/2017). Salah satu penampilannya yang memukau selama SNL musim ini adalah perannya sebagai Hillary Clinton yang kerap dihadapkan dengan Alec Baldwin sebagai Donald Trump.

Kate McKinnon dan Hillary Clinton. (The Hollywood Reporter)

"Terima kasih untuk Hillary Clinton atas karunia kasih dan ketabahanmu," kata McKinnon dalam pidatonya yang penuh air mata di Microsoft Theater, Downtown Los Angeles, AS, Minggu. "Dan terima kasih ibu dan saudara perempuan saya, aku sangat bangga denganmu. Ibu, aku cinta kamu, terima kasih," katanya.

Dalam pidatonya di Emmy Awards 2017, McKinnon juga mengatakan, "Menjadi bagian dari musim Saturday Night Live ini adalah hal yang paling berarti yang akan saya lakukan, sehingga saya mungkin harus berhenti sekarang."

 

Foto perdana daur ulang Ghostbusters memperlihatkan Kristen Wiig, Leslie Jones, Melissa McCarthy, dan Kate McKinnon dalam balutan seragam.

Aktris Ghostbusters itu juga mengucapkan terima kasih kepada kreator SNL, Lorne Michaels, beserta rekan mainnya, kru, dan penulis acara tersebut. "Ini semua tentang penulisannya, teman-teman, terutama Chris Kelly dan Sarah Schneider. Aku sangat mencintaimu," katanya.

Kate McKinnon mengalahkan rekannya, Vanessa Bayer dan Leslie Jones, serta Anna Chlumsky (Veep), hingga Judith Light dan Kathryn Hahn (Transparent). Ia telah dinominasikan sebanyak empat kali untuk perannya selama Saturday Night Live.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Istri Ungkap Penyakit Setya Novanto Sebelum Panggilan KPK

Posted: 17 Sep 2017 09:10 PM PDT

Istri Setya Novanto mengatakan kondisi suaminya hingga kini belum stabil. Tim dokter masih secara intensif memantau kesehatan Setnov yang diduga mengalami gangguan ginjal dan tekanan darah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Plak di Jantung Setya Novanto, KPK Belum Terima Surat Sakit

Posted: 17 Sep 2017 09:06 PM PDT

Kesehatan Ketua DPR Setya Novanto dikabarkan tengah memburuk. Setelah pekan lalu Setya menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Siloam, kini Ketua Umum Partai Golkar tersebut kembali menjalani perawatan medis di RS Premiere Jatinegara.

"Dibawa ke angio terapi untuk dilakukan tindakan katerisasi," ujar politikus Partai Golkar, Nurul Arifin, di RS Premiere Jatinegara, Senin (18/9/2017) pagi.

Tindakan katerisasi atau pemeriksaan jantung untuk Setya tersebut dilakukan karena ditemukan plak di jatungnya. "Dari katerasasi tersebut akan diketahui apakah akan ada tindakan selanjutnya atau tidak," kata Nurul.

Selain penyakit jantung, menurut Nurul, Setya juga menderita vertigo di kepala sebelah kanan. Dia mengatakan, hal tersebut terjadi karena kesibukan yang dialami oleh tersangka korupsi e-KTP tersebut.

"Selama ini kan pekerja keras dan tidak pernah mengeluhkan apa pun," kata dia.

Nurul juga menjelaskan kondisi Setya Novanto kini. "Beliau lemas saja. Kemarin masih diinfus dan obat-obatan dimasukkan ke dalam infus," kata dia.

Sementara itu, pihak KPK masih menunggu kedatangan Setya Novanto untuk memenuhi panggilan pemeriksaan. Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, pihaknya sudah melayangkan surat pemanggilan ulang kepada Novanto untuk diperiksa sebagai tersangka korupsi pengadaan e-KTP.

Pemanggilan ulang tersebut dilakukan karena pekan lalu Setya Novanto tak bisa menghadiri pemeriksaan penyidik. Terkait sakitnya Setya Novanto, pihak KPK mengaku belum menerima surat keterangan resmi dari yang bersangkutan.

"Sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi yang kami terima," ujar Febri saat dikonfirmasi, Senin (18/9/2017).

Menurut Nurul Arifin, Setya Novanto sudah mengirim perwakilan untuk menyampaikan surat tersebut kepada KPK. Sebab, Novanto menjalani pemeriksaan media di RS Premire sejak Minggu, 17 September 2017 malam.

"Sudah disampaikan (surat). Dari keluarga ke KPK. Istri dan keluarga," kata Nurul di RS Premiere Jatinegara.


Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Errie Riyani, Relawan yang Berbagi Penerangan hingga Pelosok

Posted: 17 Sep 2017 09:04 PM PDT

Hidup dengan fasilitas yang memadai tentunya sangat memudahkan segala aktivitas. Terutama dengan adanya listrik, karena listrik adalah salah satu sumber kehidupan manusia apalagi di era digital saat ini. Namun, tidak dengan Errie. Hidup serba berkecukupan malah menimbulkan keresahan dalam dirinya.

Kurang meratanya penyebaran listrik di negeri ini, membuatnya berinisiatif mengagas gerakan Rawikara. Alasannya, warga negara Indonesia masih banyak yang belum mendapatkan akses listrik, terutama di daerah-daerah terpencil.

Kegiatan yang dinaungi oleh Kelas Inspirasi Balikpapan ini telah menyentuh hingga pedalaman Kalimantan Utara, tepatnya Suku Dayak Punan, di Desa Semeriot. Saat ini pun sedang berjalan penyaluran hingga ke Desa Papera, Pegunungan Bintang, Papua. Hingga akhir tahun 2017, Rawikara menetapkan target dengan menyediakan penerangan ke 10 desa yang membutuhkan, seperti Kutai Kartanegara, Paser, Tanah Grogot, dan sebagainya.

"Konsen saya tetap di pendidikan anak dan pemberdayaan perempuan. Mereka punya hak yang sama untuk nyaman belajar dan beraktivitas di malam hari karena ada penerangan. Oleh karena itu, Rawikara Berbagi Terang membantu menyalurkan donasi kepada mereka berupa lampu tenaga matahari," papar perempuan yang gemar mendongeng ini.

Founder RI Media Pustaka ini bahagia dapat berbagi walaupun sedikit.

Errie tidak sendirian. Bersama seluruh relawan lainnya, ia tergabung dalam Kelas Inspirasi Balikpapan ikut turun tangan. Kegiatan ini ia kampanyekan melalui kitabisa.com dengan donasi dari masyarakat.

"Bayangin aja deh, wajah-wajah bahagia dengan mata binar mereka yang takjub pada malam hari saat desa jadi terang. Sudah tanpa lampu minyak tanah lagi, yang asapnya bahaya untuk pernapasan mereka."    

Founder RI Media Pustaka ini bahagia dapat berbagi walaupun sedikit. Baginya, tiap langkah ia keluar dari rumah mestinya dapat membawa perubahan yang lebih baik. Semangat perubahan ini sangat ingin ia bagikan kepada perempuan-perempuan Indonesia lainnya. Dan telah ia buktikan dengan mengabdikan diri sebagai relawan sejak 15 tahun silam. Tak ketinggalan, ia pun turut aktif dalam berbagai kegiatan literasi dan seni di Balikpapan.

Ikuti juga liputan dan kegiatan Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina dari 3 kota di Indonesia melalui www.liputan6.com/pages/energi-muda-pertamina. Program creative mentorship dari Redaksi Liputan6.com, Indosiar bekerjasama dengan Pertamina untuk 90 mahasiswa kreatif yang telah lolos seleksi dari ribuan pendaftar di Jabodetabek, Semarang & Balikpapan.

 

Penulis:

Wiki Kridayanti - Universitas Balikpapan

Finalis Citizen Journalist Academy - Energi Muda Pertamina Balikpapan

 

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Setya Novanto Diharapkan Kooperatif Penuhi Panggilan Kedua KPK

Posted: 17 Sep 2017 09:04 PM PDT

Setelah mangkir Senin lalu, KPK kembali memanggil ketua DPR yang juga tersangka kasus E-KTP Setya Novanto hari ini.

KPK berharap, Setya bisa hadir memenuhi panggilan kedua KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Harta Karun Legendaris yang Terpendam di Tanah Rusia

Posted: 17 Sep 2017 09:03 PM PDT

Rusia memendam banyak harta karun yang hingga kini keberadaannya masih menjadi misteri. Renovasi sejumlah gedung di ibu kota Rusia yang hingga kini masih berjalan membuat banyak temuan benda bersejarah kembali menjadi sorotan publik.

Dikutip dari RBTH Indonesia, Senin (18/9/2017), salah satu penemuan terbaru pada 10 Mei lalu adalah ketika 10 koin perak ditemukan di dalam bidak catur yang terbuat dari gading asal Abad ke-16.

Zaman itu, 10 koin perak mungkin dapat membeli sekumpulan angsa. Kini, koin-koin tersebut akan tersimpan di salah satu museum bersejarah di Moskow.

Meski sejumlah temuan yang kecil dan unik dinilai cukup umum, ada beberapa harta karun besar yang tersembunyi di suatu tempat di Rusia.

Harta karun ini jelas tidak mudah ditemukan. Banyak pemburu harta karun yang telah berupaya menemukan harta karun tersebut, tapi berakhir dengan tangan hampa.

Beberapa penemuan harta karun paling legendaris yang pernah ditemukan di Rusia adalah sebagai berikut.

Perpustakaan Ivan IV Vasilyevich

Salah satu harta karun yang paling melegenda dari Rusia adalah  Perpustakaan Ivan IV Vasilyevich (1548 - 1574) yang kemungkinan disembunyikan oleh sang penguasa sendiri. Ivan IV Vasilyevich dijuluki Ivan the Terrible.

Kisahnya dimulai dari naskah dan buku-buku yang dikumpulkan oleh penguasa Byzantium yang kemudian diberikan sebagai mas kawin untuk Sophia Palaelogus, keponakan kaisar Byzantium terakhir yang menikahi Pangeran Rusia Ivan Agung.

Ivan yang Mengerikan (RBTH Indonesia)

Diyakini bahwa koleksi tersebut mencakup bagian terbesar dari Perputakaaan Konstatinopel yang diselamatkan dari Turki kuno pada 1453, sementara beberapa naskah lainnya dari perpustakaan Aleksandria kuno.

Perpustakaan ini tersimpan di gudang bawah tanah Kremlin agar aman dari kebakaran yang sering terjadi, hingga kemudian di bawah pemerintahan Pangeran Vasili III (1505 - 1533) buku-buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia.

Dipercaya bahwa perpustakaan ini hilang pada abad ke-16 ketika Ivan IV Vasilyevich memindahkannya ke Aleksandovskaya Sloboda di wilayah Vladimir. Sejak saat itu, banyak arkeolog yang telah mencari perpustakaan di Sergiev Posad, Aleksandrov, wilayah Vladimir, dan sejumlah tempat lainnya yang sebelum nya berada di bawah pengaruh sang Tsar.

Harta karun Sigismund Vasa III

Pasukan Polandia yang menginvasi Rusia pada awal abad ke-17 mengumpulkan apapun yang berharga yang dapat mereka temukan. Mereka diduga berencana untuk memindahkan harta karun yang mereka jarah ke Warsawa untuk Raja Sigismund III. Namun kenyataannya, kereta yang bermuatan harta karun itu tidak pernah mencapai wilayah Smolensk dan menghilang di tengah perjalanan.

Meskipun terdapat instruksi untuk menemukan harta karun yang hilang di daerah Sungai Khtovorostanka, hingga saat ini belum ada pemburu harta karun yang dapat menemukannya karena petunjuknya yang tidak jelas.

Para ahli sepakat, bagaimanapun, bahwa harta itu seharusnya berada di suatu tempat di dekat Mozhaysk atau Aprelevka di wilayah kota Moskow.

Pada Oktober 1812, ketika Kaisar Prancis memutuskan untuk melarikan diri dari Rusia, tentaranya berencana untuk membawa serta benda berharga. Mereka diduga memiliki dua gerobak berisi barang berharga yang dijarah dari Kremlin serta koleksi persenjataan kuno.

Napoleon mundur dari Moskow 1927 (RBTH Indonesia)

Ketika mereka memutuskan mundur dengan risiko menghadapi tentara Rusia dalam kondisi cuaca ekstrem, tentara Napoleon yang kelaparan terpaksa meninggalkan sebagian dari harta karun tersebut.

Beberapa peneliti meyakini bahwa barang berharga tersebut dapat ditemukan di salah satu danau di bagian barat wilayah Smolensk. Ada beberapa upaya pencarian harta karun di awal tahun 1960-an.

Sebuah kelompok pencarian khusus dikirim ke daerah tersebut namun hasilnya nihil. Hingga kini, kisah tersebut tetap merupakan kisah populer di kalangan pemburu harta karun di Rusia.

Harta karun yang hilang di teluk Ussuri

Pada 7 Oktober 1906, sebuah kapal kargo Varyagin tenggelam di Teluk Ussuri di wilayah Primorye. Tragedi tersebut dilatarbelakangi kisah menarik yang mencuri perhatian publik.

Kapal itu dimiliki oleh seorang pedagang bernama Aleksey Semyonovich Varyagin, setelah kapal tersebut tenggelam, ia meminta pihak berwenang setempat untuk memberikan ganti rugi 60 ribu rubel (sekitar US$ 25 ribu dengan nilai mata uang saat ini) atas barang-barang berharga yang berada di atas kapal tersebut.

Gubernur wilayah setempat menolak permintaan tersebut, hingga pada 1913 mantan kapten kapal Varyagin memimpin sebuah ekspedisi ke lokasi terjadinya tragedi tersebut. Kelompok ini berhasil menemukan bangkai kapal, namun akibat keterbatasan dana mereka tidak dapat mengangkat muatan kapal ke permukaan. Cuaca yang buruk, awal Perang Dunia I, serta Revolusi 1917 yang terjadi setelah itu menghalangi pencarian tim ekspedisi baru ke lokasi tersebut.

Emas Kolchak

Selama Perang Sipil Rusia, Tentara Putih menyatakan Laksamana Aleksander Kolchak sebagai penguasa tertinggi Rusia dari tahun 1918-1920. Posisinya sebagai pemimpin antikomunis didukung oleh sebagian besar cadangan emas Rusia yang diperkirakan bernilai 650 juta rubel (sekitar US$ 280 juta dengan nilai mata uang saat ini).

Kolchak memindahkan harta kartun tersebut dari Kazan ke Siberia. Namun, sejumlah kargo berisi barang berharga tersebut dijarah di tengah perjalanan. Sang penguasa diduga menyembunyikan sebagian dari uangnya juga.

Pada 1921, setelah kematian Kolchak, diketahui bahwa emas Rusia bernilai sekitar 250 juta rubel (sekitar 108 juta dolar AS nilai mata uang saat ini) telah hilang.

Sementara itu, sebagian orang percaya bahwa harta karun tersebut mungkin terkubur di suatu tempat di Siberia, Novosibirsk, atau di sepanjang jalur kereta api Trans-Siberia. Ada juga pihak lain yang memperkirakan bahwa harta karun tersebut disembunyikan di suatu tempat di Altai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buaya Kepala Kodok Mulai Terlihat di Perairan Kota Sampit

Posted: 17 Sep 2017 09:02 PM PDT

Masyarakat yang tinggal di pinggir Sungai Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, was-was dengan kemunculan buaya yang kini mulai terlihat di perairan kawasan Kota Sampit.

"Kaget juga begitu mengetahui ada pengemudi kelotok yang melihat buaya muncul karena aktivitas kapal besar dan kelotok di perairan kawasan kota ini kan cukup padat. Kalau buaya sampai muncul di sini, berarti ada pemicunya," kata Samsudin, warga Sampit, Minggu, 17 September 2017, dilansir Antara.

Beberapa pengemudi kelotok (perahu kecil bermotor) melihat kemunculan buaya di perairan dekat kawasan Mentaya Seberang. Dari bentuk kepalanya, buaya tersebut diduga jenis buaya muara. Buaya jenis ini sering disebut buaya kodok karena bentuk kepalanya mirip kepala kodok.

Kabar munculnya buaya di perairan kawasan kota dinilai tidak lazim. Selama ini, buaya sering muncul di perairan kawasan Mentaya Hilir Selatan dan sekitarnya, khususnya di sekitar Pulau Lepeh. Pulau itu merupakan pulau kecil di tengah Sungai Mentaya yang diduga menjadi habitat buaya karena buaya sering terlihat berjemur di kawasan itu.

Kemunculan buaya di perairan dekat permukiman membuat masyarakat was-was karena sebagian masyarakat pinggir sungai banyak beraktivitas di sungai. Masyarakat menduga buaya itu muncul akibat makin sulitnya mendapatkan makanan di habitatnya, sehingga mulai menyasar ke kawasan permukiman.

"Sejauh ini, memang belum ada gangguan. Buaya hanya muncul, kemudian tenggelam. Tapi meski begitu, tetap saja menakutkan. Yang namanya binatang buas, kalau kelaparan pasti akan memangsa apa pun yang bisa dimakannya," kata Samsudin.

Masyarakat juga menduga, kemarau yang mulai terjadi bisa menjadi pemicu, sehingga buaya tersasar ke kawasan permukiman. Pasang dan surut air sungai membuat buaya harus menyesuaikan diri dengan kondisi permukaan dan arus air.

Komandan Pos Jaga Balai Konservasi Sumber Daya Alam Daerah Kalimantan Tengah di Sampit, Muriansyah, mengaku belum mendapat laporan terkait masalah itu. Jika kabar itu benar, Muriansyah mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas di sungai agar tidak menjadi korban terkaman buaya.

"Saya belum dapat informasi terkait masalah ini. Ini akan segera kami telusuri informasinya," kata Muriansyah.

Serangan buaya memang masih menjadi ancaman bagi masyarakat yang beraktivitas di Sungai Mentaya. Beberapa tahun terakhir, hampir tiap tahun ada saja warga yang diterkam buaya. Sebagian korbannya meninggal dunia, bahkan ada yang jenazahnya tidak ditemukan lagi.

Untuk mencegah jatuh korban jiwa akibat terkaman buaya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam memasang pengumuman peringatan waspada ancaman buaya di sejumlah lokasi bantaran sungai. Populasi buaya di Sungai Mentaya yang diperkirakan masih cukup banyak, harus diwaspadai seluruh masyarakat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respon Warga Negera Asing Terhadap Kehadiran Meikarta

Posted: 17 Sep 2017 09:00 PM PDT

Salah satu topik terhangat yang dibicarakan oleh komunitas Jepang di Indonesia adalah Meikarta. Awalnya mereka  terkesima oleh promosi besar-besaran. Lalu makin mengerucut ke konsep dan harga yang  ditawarkan oleh pengelola Meikarta.

Itulah kata seorang pengamat Indonesia dari Jepang, Toshihisa Komaki, yang sudah puluhan tahun mengamati Indonesia. Membangun sebuah kota baru, menurut mantan spesialis Indonesia dari Nikkei Shimbun ini, adalah tugas berat dan kalau sukses bias menjadi tonggak kemajuan besar bagi industri real estate Indonesia.

Sejauh ini, menurut CEO Nusantara Research Institute yang berbasis di Tokyo ini, Meikarta telah berhasil memancing awareness masyarakat Jepang tentang lahirnya sebuah pemukiman baru di timur Jakarta. Untuk memproleh kemajuanbesar, katanya,  masih memerluka n waktu sejalan dengan kemajuan proses pembangunannya. 

Kemajuan itu kini sudah berada di tangan Meikarta terbukti dengan kesanggupannya menjual lebihdari 100 ribu unit dalam empat bulan. Sebuah keberhasilan yang belum pernah tercatat oleh siapapun di Indonesia.

ValdezB. Williamson, orang Australia yang pernah lama bermukim di Indonesia berpandangan sama. Dia bahkan berminat untuk membeli sebuah unit hunian bila nanti ditugaskan kembali ke Indonesia. Alasannya, Meikarta sedang dikembangkan menjadi sebuah kota modern bertaraf internasional.

Seorang mantan diplomat Mesir yang beristrikan orang Indonesia bahkan sudah memutuskan untuk membeli sebuah unit hunian. Berdasarkan konsepnya, di mata mantan diplomat ini, Meikarta sangat cocok untuk kehidupan keluarga dan kesehatan. Semua,  katanya, direncanakan dengan seksama untuk kepentingan penghuninya.

Dalam soal harga murah, orang orang asing berpandangan sama, kurang menarik. Mereka beralasan, para ekspatriat di Jakarta pada umumnya berpenghasilan jauh di atas rata rata orang Indonesia, apalagi banyak dari mereka berasal dari negara maju. Kenyataan ini membuat mereka lebih tertarik pada keamanan dan kenyamanan ketimbang harga.

Sebagaimana diungkapkan Komaki san, orang Jepang dan negara-negara maju pada umumnya paling tertarik pada struktur dan bahanbangunan. Bagi mereka buat apa mewah tapi cepat rusak dan tidak tahan gempa. Para perancang Meikrata tentu saja sudah memperhatikan hal tersebut. Mereka hanya menggunakan bahan terbaik, dan memasukkan gempa bumi sebagai unsur utama dalam semua struktur bangunan.

Dengan demikian, siapapun yang tinggal di Meikarta, termasuk mereka yang berasal dari negara paling maju di dunia, tak perlu khawatir tentang kenyamanan dan keamanan meski harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan yang lain.

Meikarta memang dibangun berdasarkan standar keindahan dan kualitas berkelas dunia.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmikan Gedung Baru, KPw BI Banten Beroperasi Penuh

Posted: 17 Sep 2017 09:00 PM PDT

Bank Indonesia (BI) meresmikan gedung Kantor Perwakilan (KPw) BI di Provinsi Banten, pada Jumat (15/9/2017), guna meningkatkan pelayanan kepada stakeholder di provinsi ini.

Peresmian Gedung baru KPw Banten dilakukan oleh Gubernur BI, Agus D.W. Martowardojo dengan disaksikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dan segenap pimpinan daerah serta pimpinan lembaga keuangan di Banten.

Dalam kata sambutannya, Agus Martowardojo mengatakan, kehadiranKPw BI di Banten merupakan wujud komitmen BI untuk senantiasa mendukung Pemda dalam memastikan pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan, yang disertai terjaganya inflasi.

"Bank Indonesia juga akanberkontribusi aktif dalam upaya pengembangan UMKM di Provinsi Banten. Kami mencermati besarnya potensi ekonomi masyarakat mulai dari potensi pariwisata, sampai dengan potensi agro industri seperti gula aren yang sudah diekspor ke Australia, Amerika, dan Singapura," tutur Gubernur Bank Indonesia.



Sebenarnya, BI telah hadir di Banten sejak 2008 dengan fungsi yang terbatas, yakni advisory ekonomi dan keuangan dan pengembangan ekonomi daerah. Awalnya, BI berkantor di gedung sewa di jalan Yusuf Martadilaga.

Melihat potensi Banten yang cukup besar, BI kemudian membangun gedung baru di Jalan Raya Serang-Pandeglang KM 7, Palima, Serang. Ground breaking dilakukan pada 15 Januari 2016 dan selesai pada Juni 2017. Dengan telah beroperasi secara penuh, saat ini KPw BI Provinsi Banten memiliki 9 fungsi, termasuk Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah.

Gubernur BI menjelaskan, sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar kelima di Indonesia, konsumsi rumah tangga merupakan penggerak utama ekonomi Banten, yang disusul kemudian investasi dan ekspor. Di povinsi ini, sektor industri pengolahan menjadi sektor utama dengan porsi mencapai 30%, diikuti oleh sektor perdagangan.

Kedepan, tuturnya, kontribusi industri pengolahan perlu terus ditingkatkan, terutama dengan mengembangkan industri potensial lainnya, seperti agro industri dan tekstil, selain industri kimia dan elektronik yang merupakan sub sektor utama saat ini.

"Selain itu, sektor potensial lainnya, seperti pariwisata juga perlu terus didorong agar dapat memberikan kontribusi yang besar dan berkelanjutan," ujar Agus Martowardojo.

Hingga saat ini, kegiatan ekonomi di Banten berkontribusi sekitar 7% terhadap ekonomi jawa dan sekitar 4% untuk ekonomi nasional. Perekonomian Banten pada 2016 tumbuh 5,26%, melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang tumbuh pun tumbuh lebih tinggi yang berada pada kisaran 5,02%. Sementara tingkat inflasi terus membaik dengan posisi 10,2% pada 2014 turun menjadi 2,94% pada 2016.

Sejalan dengan pernyataan Gubernur BI, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan provinsi yang dipimpinnya memiliki banyak potensi, seperti 509 kilometer garis pantai yang kaya akan potensi kelautan dan pariwisata, sejuta hektar lahan yang belum digarap, hingga potensi jalur transportasi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur BI karena peresmian gedung baru KPw BI di Banten membuktikan komitmen BI dalam rangka menciptakan pertumbuhan ekonomi di Banten yang cukup potensial serta menjaga inflasi," ujarnya.

Kepala KPw BI Banten Budiharto Setyawan mengatakan, Banten masih menjadi tujuan kegiatan perekonomian, yang terbukti dengan peringkat investasi keempat di nasional. Berbagai perusahaan strategis baik domestik maupun internasional memiliki kantor dan memusatkan proses produksinya di Banten, dengan total lebih dari 1.600 perusahaan.

"Kami berharap grand launching ini dapat menjadi tonggak sejarah bagi peranan BI di Provinsi Banten untuk memberikan kontribusi yang lebih baik dalam rangka mewujudkan Provinsi Banten yang maju, mandiri, berdaya saing, sejahtera, dan berakhlakulkarimah," ungkapBudiharto.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutupnya Pusat Perbelanjaan Bukan karena Bisnis e-Commerce

Posted: 17 Sep 2017 09:00 PM PDT

Pusat perbelanjaan di DKI Jakarta dalam waktu belakangan ini tengah menghadapi tekanan. Setelah pusat perbelanjaan Glodok yang kini ditinggalkan pelanggan, kini giliran Matahari yang menutup dua gerainya yaitu di Psaraya Blok M dan Pasaraya Manggarai.

Melihat fenomena ini, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang menganggap hal tersebut wajar. Namun dirinya tidak setuju jika penutupan gerai ini semata-mata karena berkembangnya industri e-commerce atau penjualan online.

"Tapi saya tidak yakin bahwa penyebab utamanya adalah e-commerce karena dari data yang ada baru sekitar 29 persen atau sekitar 26,3 juta jiwa masyarakat kita yang baru memanfaat internet untuk berbelanja itupun tidak semuanya aktif," kata Sarman kepada Liputan6.com, Senin (18/9/2017).

Meski dari data masih kecil, bukan tidak ada kemungkinan e-commerce ini akan mengambil alih pasar perbelanjaan ke depannya. Maka dari itu Sarman mengingatkan kepada pengusaha yang memilik gerai di berbagai pusat perbelanjaan untuk terus berinovasi.

Selain harga yang ditawarkan cenderung lebih murah dari penjualan secara konvensional, kemudahan berbelanja dan pembayaran yang dimiliki e-commerce menjadi salah satu keuggulan mengapa masyarakat lebih memilih belanja online.

Terlebih, saat ini pemerintah tengah menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Jika hal ini terus dilakukan, maka masyarakat akan semakin nyaman dan terbiasa bertransaksi secara online.

"Kepada para pedagang yang memiliki toko di pusat-pusat perbelanjaan agar lebih kreatif dan inovatif melihat perkembangan teknologi dan psikologi pasar dan konsumen yang harus dapat menyesuaikan/beradaptasi sehingga mampu bertahan," saran Sarman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan menutup dua gerai di Pasaraya Blok M dan Manggarai pada akhir September 2017.

Sekretaris Perusahaan PT Matahari Department Store Tbk Miranti Hadisusilo menuturkan, penutupan dua gerai itu lantaran kinerja gerai yang belum sesuai target perseroan. Penutupan gerai di Blok M dan Manggarai dilakukan pada akhir September 2017.

"Matahari Department Store Pasaraya Blok M dan Manggarai akan tutup per akhir bulan September. Ini karena kinerja mal yang sepi sehingga akibatkan kinerja kedua gerai tidak sesuai target manajemen," ujar Miranti saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (15/9/2017).

Ia menuturkan, jumlah pengunjung yang tak sesuai target membuat kinerja dua gerai tersebut tidak sesuai target penjualan. Seperti diketahui, gerai Matahari di Pasaraya baru dibuka pada 2015.

Hingga kini, PT Matahari Department Store Tbk memiliki 157 gerai. Miranti menuturkan, pihaknya akan membuka 1-3 gerai lagi hingga akhir tahun. "Kami akan buka gerai lagi satu di Jawa dan dua di luar Jawa," kata Miranti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenny Rachman Ingin Kaum Ibu Selalu Bahagia

Posted: 17 Sep 2017 09:00 PM PDT

Jenny Rachman kini tengah disibukkan dengan aktivitas sosial dan komunitas. Baru-baru ini, artis peraih Piala Citra itu menggelar program acara bertajuk Womens Heart Journey yang diperuntukkan untuk kaum ibu-ibu.

Bintang film Di Bawah Lindungan Ka'bah ini mengungkapkan bahwa acara itu digelar demi membuat kaum wanita bahagia meski selalu disibukkan dengan urusan rumah tangga dan pekerjaan yang tak henti-hentinya sebagai pendamping suami.

"Saya berharap melalui acara ini bisa dirasakan manfaatnya bagi kaum ibu-ibu dan perempuan," ucap Jenny Rachman saat ditemui di Gedung BRI 1 di Jakarta, baru-baru ini.

Dalam acara itu, Jenny Rachman menggandeng trainer sekaligus motivator Arry Ginanjar. Ia juga ingin, selain membuat perempuan bahagia, juga mengajak mereka untuk mensucikan hati melalui pehamaman kecintaan terhadap Tuhan.

"Lebih tepatnya membawa diri kita untuk memanajemen hati, membawa diri kita bahagia agar lingkungan di sekitar kita juga ikut bahagia," tutur artis yang kini menjadi Ketua Ikatan Wanita BRI (Iwabri).

Rencananya, Jenny Rachman ingin rutin menggelar acara tersebut. "Pokoknya ini acara dari ibu-ibu untuk ibu-ibu. Kita kaum ibu ingin bagaimana caranya bahagia, tapi dengan hati yang bersih," dia memungkasi.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: