Selasa, 09 Desember 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Apa Saja yang Dikulik Pansel dari Peserta Seleksi Eselon I dan 2?

Posted: 09 Dec 2014 09:10 PM PST

 
Sebanyak 32 kandidat lelang jabatan eselon I.a dan I.b di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan mengerahkan segala kemampuan dan talenta dalam tes wawancara selama tiga hari. Di tahapan ini, para Panitia Seleksi (Pansel) akan mengulik kejujuran dari peserta. 
 
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) sekaligus Ketua Pansel, Mardiasmo mengungkapkan, para peserta telah mengikuti tes assessment center oleh PT Daya Dimensi Indonesia (DDI) dan pemeriksaan kesehatan baik secara fisik maupun mental di RSPAD. 
 
"Dari sini kami mendapat masukan. Contohnya soft competence kandidat dari DDI. Hasil kesehatan peserta, jangan sampai Dirjen Pajak nggak fit atau kurang pendengarannya," terang dia di kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (10/12/2014). 
 
Selain itu, dijelaskan Mardiasmo, pihaknya telah menelusuri rekam jejak ke-32 kandidat lelang jabatan bersama Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), termasuk dari internal melalui Inspektorat Bidang Investigasi. 
 
"Dengan PPATK, apakah ada transaksi keuangan mencurigakan dari yang bersangkutan, apakah ada rekening gendut. Sumbernya dari mana, mungkin saja dari warisan orangtua, istrinya kaya dan sebagainya," tuturnya.
 
Hasil penelusuran rekam jejak ini telah dikirimkan PPATK ke Pansel untuk menjadi bahan dalam tes wawancara. Ketujuh Pansel, yakni Mardiasmo selaku Ketua, Kiagus Badaruddin, Taufiequrachman Ruki, Darmin Nasution dan Priyono. 
 
Adapula Chatib Basri dan Bambang Sudibyo akan melakukan wawancara secara detail yang menyangkut hasil uji kelayakan publik, assessment center, penelusuran rekam jejak dan pemeriksaan kesehatan. 
 
"Nanti di kroscek atau dikonfrimasi semua ke peserta oleh Pansel, mulai dari harta-hartanya berasal dari mana, integritas, kejujuran dan lainnya. Jadi jangan bohong atau ngarang, karena Pansel tahu. Sebab misalnya Darmin Nasution, dia mantan Dirjen Pajak dan Gubernur Bank Indonesia yang sangat paham dengan lingkungan Kemenkeu," tegas dia. 
 
Pansel, tambah Mardiasmo, juga akan membuka hasil makalah peserta untuk menanyakan kembali apa yang sudah ditulis. Hal ini untuk memastikan bahwa makalah tersebut betul-betul dikerjakan peserta, dan bukan menjiplak. 
 
"Apa benar itu murni tulisan dia, atau hanya mengambil dari beberapa sumber. Apa dia betul-betul merefleksikan makalah yang dia tulis. Jadi kami akan melihat secara keseluruhan, termasuk masukan dari masyarakat dari uji publik," pungkas dia. (Fik/Nrm)

Karakter Penting Ini Dikabarkan Tewas dalam Batman V Superman

Posted: 09 Dec 2014 09:10 PM PST

Masih berada dalam tahap penggarapan, Batman V Superman: Dawn of Justice selalu didera rumor yang diklaim sebagai bagian dari bocoran naskah. Salah satunya adalah kabar mengenai karakter yang bakal tewas.

Dilansir dari Ace Showbiz, Selasa (10/12/2014), rumor tersebut mencuat ke permukaan secara online melalui laman Badass Digest. Tak tanggung-tanggung, di situ dikabarkan bahwa karakter yang tewas adalah salah satu rekan Batman.

Laporan tersebut menyatakan bahwa naskah yang telah digarap oleh tim produksi, bakal memperlihatkan karakter Batman sebagai sosok yang telah beroperasi sebagai penjaga kota Gotham selama 17 tahun.

Lalu, tokoh Komisaris Besar Polisi James Gordon tidak akan muncul di dalam film, karena ia dikisahkan telah meninggal. "Bagaimana dan di tangan siapa saya tak bisa mengatakannya - semua yang ditulis dalam naskah adalah bahwa ada sebuah plakat peringatan untuk James Gordon," ujar sang sumber.

Meskipun begitu, tak berarti kabar tersebut benar, dan bukan berarti James Gordon tidak akan dimunculkan. Bisa saja plot tersebut bersifat menipu penonton atau sejenisnya. Bahkan, Robin pun sebelumnya dirumorkan telah tewas dalam film ini.

Jadi untuk mengetahui kebenaran rumor ini, ada baiknya kita sabar menunggu filmnya tayang di bioskop Tanah Air hingga 2016. Disinyalir, masih banyak rahasia yang belum diungkapkan oleh studio film.

Batman v Superman: Dawn of Justice akan menjadi film superhero adaptasi DC Comics yang digarap oleh Warner Bros untuk tayang pada 25 Maret 2016. Di situ, Henry Cavill kembali sebagai Clark Kent/Superman, Ben Affleck sebagai Bruce Wayne/Batman, Gal Gadot didaulat sebagai Diana/Wonder Woman, dan Jesse Eisenberg memerankan Lex Luthor.

Proyek film adaptasi komik DC selanjutnya antara lain adalah Suicide Squad (2016), Justice League Part 1 (2017), The Flash (2018), Aquaman (2018), Shazam (2019), Justice League Part 2 (2019), Cyborg (2020), dan Green Lantern (2020). (Rul/Feb)

Lezatnya Soto Kerbau Khas Kota Kudus

Posted: 09 Dec 2014 09:08 PM PST

Selama ini soto yang sering kita konsumsi adalah soto ayam atau soto daging sapi. Tiap soto di suatu wilayah mempunyai aroma dan kelezatan yang khas. Misalnya Soto Betawi, Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Banjar, Coto Makassar dan lainnya. Tapi pernahkah anda berfikir untuk mencicipi soto yang berasal dari daging kerbau?

Ya, soto kerbau mungkin terdengar aneh di telinga banyak orang. Namun ternyata soto kerbau ini sudah menjadi makanan khas dikota Kudus, Jawa Tengah. Salah satu warung soto kerbau di Kudus yang terkenal adalah warung Soto Kerbau Bu Jatmi. Warung soto ini terletak di Jl. Wahid Hasyim No.43 Kudus, Jawa Tengah. Tidak jauh dari alun-alun kota Kudus dan hypermart Kudus.

Semangkuk nasi soto Bu Jatmi ini berisi irisan daging kerbau, mie putih, tauge, kol, butiran kacang kedelai, yang ditaburi daun seledri dan bawang goreng, disiram kuah dari kaldu kerbau yang hangat, dengan bumbu dan aroma rempah-rempah yang khas.

Diijamin sajian ini menggoyang lidah. Bila ingin menikmati secara total cita rasa daging kerbau, kita bisa juga menaruh lauk daging kerbau sebagai tambahan, yang diolah menjadi daging lapis dengan tambahan taburan bawang goreng. Sebagai tambahan disediakan kecap, jeruk limau dan sambal.

Selain cita rasa soto yang menggoda, warung soto Bu Jatmi ini memiliki gaya otentik warung soto jaman dahulu yang masih menggunakan angringan (gerobak yang dipikul) dan sebagai tempat kuahnya menggunakan kwali yang terbuat dari tanah liat.

Kudus, mungkin satu-satunya kota yang mempunyai kuliner langka ini. Soto kerbau ini mungkin satu-satunya menu makananyang ada di dunia.

Harga semangkuk soto kerbau Bu Jatmi ini masih terjangkau, hanya dengan merogoh kocek sebesar 15.000-20.000 rupiah anda sudah bisa menikmati soto kerbau ini. Warung Soto Bu Jatmi buka dari jam 09.00 – 20.00 WIB. Jadi jika anda sedang berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mampir ke warung soto kerbau Bu Jatmi dan mencicipi soto kerbau khas kota Kudus. (JT)

Pengirim:

Jhenika Tiara

Saksikan 4 Live Streaming Matchday Terakhir Liga Champions

Posted: 09 Dec 2014 09:03 PM PST

Matchday keenam Liga Champions masih menyisakan empat laga lagi. Tiga klub seperti FC Basel, Juventus, dan AS Monaco baru saja memastikan lolos ke fase knock out untuk mendampingi Atletico Madrid, Real Madrid, Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund, dan Arsenal di Grup A sampai D.

Pada pertandingan yang digelar Kamis (10/12) pukul 02.45 WIB nanti, hanya tersisa dua tiket emas untuk melengkapi 14 klub yang melaju ke fase 16 besar. Peluang lolos tersebut bakal diperebutkan penghuni Grup E dan G antara lain AS Roma, Manchester City, CSKA Moskow, serta Sporting Lisbon dan Schalke 04.

Sedangkan klub-klub di Grup F dan H seperti Paris Saint-Germain, Barcelona, Porto dan Shakhtar Donetsk, sudah lebih dulu mengunci tempat di perdelapan final sejak matchday kelima.

AS Roma vs Manchester City bakal menjadi pertandingan yang menarik karena keduanya menargetkan kemenangan agar bisa mendampingi Bayern Muenchen ke babak 16 besar. Namun, bila Roma terpeleset dengan hasil imbang, CSKA Moskow sebagai juru kunci grup mesti menang atas Bayern.

Di sisi lain, City memiliki peluang lebih sedikit di Liga Champions, karena selain wajib menang atas Roma, The Citizens juga harus berharap laga yang sama, yakni CSKA bisa menaklukkan Bayern di Allianz Arena.

Bagaimana cara menonton tayangan Live Streaming Liputan6.com, ikuti tutorial berikut ini.

1. Kunjungi www.liputan6.com
2. Lihat promo streaming di halaman utama, pilih pertandingan yang Anda inginkan
3. Pastikan Anda memiliki account/login di liputan6.com. Jika belum terdaftar, anda dapat mendaftar terlebih dahulu
4. Pilih promo streaming yang ada
5. Masukan kode yang disediakan
6. Jika ingin lihat pertandingan lainnya, kembali ke halaman utama. Pilih pertandingan lain yang tersedia
7. Selamat menikmati tayangan kami.

Berikut jadwal Live Streaming Laga Liga Champions tengah pekan ini di Liputan6.com:

Barcelona vs Paris Saint-Germain, pukul 02.45 WIB (klik di sini)
AS Roma vs Manchester City, pukul 02.45 WIB (klik di sini)
Bayern Muenchen vs CSKA Moskow, pukul 02.45 WIB (klik di sini)
Chelsea vs Sporting CP, pukul 02.45 WIB (klik di sini)

Baca juga

[Pesta Berlebihan, Bintang Liga Premier Dilarikan ke RS](2145141 "")

[Diisukan ke Liverpool, Ini Jawaban Villas-Boas](2145140 "")

[Legenda Liverpool: Mourinho Munafik](2145154 "")

Berikut Hasil Tes CPNS 2014 di Pemprov Kalimantan Barat

Posted: 09 Dec 2014 09:01 PM PST

Pengumuman hasil tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 terus bergulir.  Kali ini, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) merilis hasil tes kemampuan dasar (TKD) seleksi CPNS di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat

Mengutip data Panselnas, Rabu (10/12/2014), pada seleksi CPNS tahun ini, Pemprov Kalimantan Barat mendapat alokasi formasi PNS sebanyak 157 orang untuk mengisi 87 jabatan mulai dari guru, dokter, penyuluh, dan analis.

Namun berdasarkan hasil tes tidak semua jabatan bisa terisi. Pasalnya, para peserta tidak dapat memenuhi passing grade yang ditetapkan Panselnas untuk posisi tersebut seperti  guru agama kristen dan paramedik veteriner.

Dalam pengumuman hasil TKD CPNS ini, maka akan terlihat keterangan sebagai berikut:

1. Nopes

Ini adalah nomor peserta ujian CPNS

Nomor Peserta dicantumkan berdasarkan nilai terbesar hingga yang terkecil.

2. Kode PPDK

Kode Pendidikan

3. Nama

Nama peserta yang ikut tes

3. Skor TKP
4. Skor TIU
5. Skor TWK

6. Skor Total

Total keseluruhan skor yang merupakan penjumlahan dari Skor TKP + Skor TIU + Skor TWK

7. Keterangan

Ada dua keterangan yang akan muncul:

- MP atau Memenuhi Passing Grade

- TMP atau Tidak Memenuhi Passing Grade

Namun jika pun dinyatakan lulus (MP), penentu kelulusan tetap di tangan instansi masing-masing berdasarkan kebutuhan instansi terkait.

Selengkapnya, klik di sini daftar peserta yang lolos tes CPNS 2014 di Pemprov Kalimantan Barat (Download)

(Ndw)

WOW: Rekaan Komputer atas Tenggelamnya Kapal Titanic

Posted: 09 Dec 2014 09:01 PM PST

Beginilah cara para ilmuwan menggunakan komputer grafis untuk menelaah saat-saat tenggelamnya kapal Titanic.

Berdasarkan rekaan grafis komputer (CGI), kapal Titanic terbelah sebelum bangkai kapalnya menyentuh dasar laut pada malam yang nahas tersebut pada tanggal 14 April 1912.

RMS Titanic tenggelam setelah badan kapal tercabik oleh sebuah bongkahan es raksasa. Air laut membanjiri lima ruang di dasar haluan kapal yang disebut-sebut tidak bisa tenggelam itu.

Honda Fiesta, Ingin Ubah Kesan Bikers Urakan

Posted: 09 Dec 2014 09:00 PM PST

PT AHM, distributor sepeda motor Honda di Tanah Air baru saja tuntas menggelar roadshow Honda Fiesta 2014. Di kota Medan, pada Minggu (7/12/2014) gelaran tahunan yang ditujukan sebagai wujud terima kasih pabrikan kepada konsumennya tersebut diakhiri.

Menjadi catatan, selain seremonial penyerahan bantuan 100 beasiswa kepada GNOTA, kegiatan di 11 kota besar turut menggandeng komunitas roda dua untuk menunjukkan kepedulian sosial.

"Selain mengajak generasi muda untuk berprestasi secara individu, kami juga ingin mengajak mereka untuk menunjukkan kepedulian sosial kepada sesama," jelas Ahmad Muhibuddin, Deputy Head of Corporate Communication PT AHM kepada Liputan6.com pada Minggu (7/12/2014).

Bertajuk "Pestanya Generasi Juara", Honda Fiesta mengajak komunitas motor Honda yang ada di lokasi setempat untuk serentak melakukan wujud sosial, seperti pembersihan tugu dan monumen hingga pengecatan cagar budaya.

Lantas bagaimana tanggapan para komunitas yang turut ambil bagian dalam gelaran tersebut tahun ini? Beragam tanggapan pun datang, salah satunya dari komunitas bikers Riau dan Sumatera Utara, yang menjadi kota terakhir penyelenggaran kegiatan tersebut.

"Kami ikut ajang ini selain untuk diri juga sebagai wadah paling mudah untuk bersosialisasi dengan komunitas lain," ujar Christian (39), ketua komunitas Honda Tiger Mailing List (HTML) di Pekanbaru dan Riau.

Lain Chris, lain pula Erik (26). Pria asal Medan yang juga modifikator motor ini memandang gelaran semacam Honda Fiesta menjadi sarana efektif untuk unjuk gigi. "Untuk mendapat pengakuan, ya harus tampil dengan karya. Honda Fiesta jadi salah satu sarana kami yang tentunya diakui," paparnya.

Baik di Pekanaru dan Medan, beragam komunitas roda dua Honda pun memandang gelaran semacam ini jadi sarana untuk mengubah citra diri.

"Selama ini bikers kesannya urakan dan liar. Lewat acara peduli sosial seperti ini, kita perlahan dapat mengubah citra negatif tersebut," ujar Rio, Ketua Harian PETIC kepada Liputan6.com di sela-sela pembersihan Tugu Pahlawan Kerja oleh berbagai komunitas bikers di Pekanbaru pada Sabtu (6/12/2014).

Atas dasar ini, komunitas pengguna motor Honda pun cukup antusias menyambut gelaran Honda Fiesta di tahun selanjutnya. Bersama usainya Honda Fiesta 2014, turut terbersit harapan dari komunitas roda dua berlogo satu sayap tersebut.

"Harapannya, masyarakat kita bisa melihat jika bikers taunya bukan hanya touring di jalan, tapi juga peduli sosial," tutup Rio.
(Des/Des)

Datang ke Pengadilan, Jessica Iskandar Siap Buka-Bukaan

Posted: 09 Dec 2014 09:00 PM PST

Jessica Iskandar akhirnya muncul di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (10/12/2014). Kedatangan Jessica guna melanjutkan mediasi terkait kasus pembatalan pernikahan yang diajukan bangsawan Jerman, Ludwig Franz Willibald.

Dari pantauan Liputan6.com, Jessica Iskandar datang menggunakan Toyota Alphard B 73 DAR pukul 11.25 wib. Ia didampingi kuasa hukumnya, Lydia Wongsonegoro. Jessica Iskandar tampak cantik menggunakan cardigan merah marun dan jeans hitam.

Tak sepatah kata pun meluncur dari bibir Jessica Iskandar. Setelah turun dari mobil, ia hanya tersenyum kemudian naik ke lantai dua pengadilan.



Sidang belum dimulai karena sampai saat ini pihak dari Ludwig Franz Willibald belum juga muncul. Sempat beredar isu, Jessica Iskandar siap membuka teka-teki pernikahannya dengan Ludwig ke hadapan media.

Apalagi, beberapa hari belakangan Jessica Iskandar berada di atas angin lantaran beredarnya foto-foto yang membuktikan adanya pernikahan.(Jul/Mer)

Konvoi Pertama Pembawa Puing MH17 Tiba di Belanda

Posted: 09 Dec 2014 08:58 PM PST

Konvoi pertama truk pengangkut puing-puing pesawat [MH17](2138376 "") telah tiba di Belanda. Setelah melewati perbatasan Jerman-Belanda di Oldenzaal Selasa 9 Desember 2014 malam waktu setempat.

Proses itu berlangsung setelah musibah menimpa [Malaysia Airlines](2142357 "") MH17 pada 17 Juli 2014 lalu.

Polisi Jerman mengawal empat truk ke perbatasan, di mana petugas Belanda mengambil alih. Sementara konvoi kedua dari empat truk lainnya masih dalam perjalanan. Seluruh proses tersebut akan dilanjutkan saat fajar.

"Truk diperkirakan melanjutkan perjalanan setelah jam sibuk. Mereka akan tiba di Gilze-Rijen tiga jam kemudian," demikian ungkap wartawan Menno Reemeijer, seperti dikutip dari NL Times, Rabu (10/12/2014).

Reemeijer menuturkan, tidak akan ada upacara penyambutan di pangkalan udara Belanda.

Konvoi truk berisi beberapa puing dari pesawat nahas MH17 berangkat dari Ukraina Rabu 24 November. Delapan truk yang dibagi menjadi 2 rombongan, menempuh perjalanan dari Ukraina ke Belanda sekitar 2 pekan lebih.

Di Gilze-Rijen, akan dilakukan upaya merekonstruksi puing dari Malaysia Airlines Boeing 777 yang meledak karena ditembak jatuh di [Ukraina](2142357 "").

Penyidik dari Belanda

Pemerintah Belanda telah menolak permintaan untuk memungkinkan PBB mengganti para penyidik dalam kasus penerbangan Malaysia Airlines MH17 yang meledak di Ukraina. Hal itu merupakan jawaban bagi proposal yang dibuat oleh kerabat penumpang pesawat nahas itu.

Reuters melaporkan, firma hukum yang mewakili 20 kerabat dari Belgia, Jerman, Belanda, dan Amerika Serikat mengajukan permohonan surat untuk PBB agar menunjuk utusan khusus untuk mengambil alih penyelidikan tersebut.

"Penyelidikan oleh Dewan Keamanan Belanda sedang dilakukan tidak hanya oleh peneliti Belanda," ungkap seorang pejabat senior Kementerian Kehakiman negara itu, Dick Schoof.

Schoof kemudian memberikan daftar 11 negara yang telah memberikan kontribusi kepada tim investigasi -- termasuk Malaysia, Ukraina, dan Rusia. Meski demikian, para kerabat tak terima dengan penjelasan tersebut. (Tnt/Ein)

Rupiah Terus Mencoba Kembali Ke Level 12.000

Posted: 09 Dec 2014 08:56 PM PST

Melanjutkan kemarin, nilai tukar rupiah terus menguat pada hari ini meskipun juga masih sangat sangat terbatas. Penguatan tersebut dapat terjadi karena kejatuhan dolar indeks.

Data valuta asing Bloomberg, pada pembukaan Rabu (10/12/2014), rupiah berada di level Rp 12.344 per dolar Amerika Serikat (AS), menguat dibanding pembukaan sehari sebelumnya yang ada di level Rp 12.358 per dolar AS. Namun jika dibanding dengan penutupan kemarin, rupiah melemah.

Hingga siang, nilai tukar rupiah terus berkutat di level Rp 12.327 per dolar AS hingga Rp 12.357 per dolar AS.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) menunjukkan nilai tukar rupiah menguat tipis sebesar 11 poin menjadi Rp 12.3336 per dolar AS dari Rp 12.347 per dolar AS.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia, Rangga Cipta menjelaskan, kemarin, nilai tukar rupiah memang terus perkasa sering dengan mata uang di Asia lainnya.

KOndisi ini agak luar biasa karena di saat yang sama, pasar saham sedang terpuruk. Biasanya saat pasar saham jatuh maka rupiah ikut tenggelam. Namun kali ini berbeda.

Kemungkinan besar, meskipun investor keluar dari pasar saham, tetapi mereka tidak keluar dari Indonesia sehingga tidak terjadi capital outflow sehingga rupiah masih tetap kuat.

"Hari ini rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya melihat indeks dolar yang juga terus jatuh pada dini hari tadi," tuturnya. (Gdn)

Tidak ada komentar: