Rabu, 10 Desember 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jokowi Ungguli Obama di Polling Person of the Year TIME

Posted: 10 Dec 2014 09:04 PM PST

Redaksi Majalah terkemuka dunia TIME akhirnya mengumumkan siapa yang dipilih sebagai Person of the Year 2014. Gelar tokoh paling berpengaruh untuk kemaslahatan dunia itu diberikan pada mereka yang berjuang melawan virus [Ebola](2145822 ""), terutama untuk Sheik Umar Khan, yang nyawanya terenggut pada 29 Juli 2014 akibat wabah yang telah menewaskan ribuan orang di Afrika Barat itu.

Pemilihan itu berdasarkan pertimbangan redaksi TIME. Namun menurut polling pembaca, Perdana Menteri India Narendra Modi meraih suara terbanyak. Demikian seperti yang dimuat Time.com, Rabu (11/12/2014).

Masih dalam jajak pendapat, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menempati peringkat 8 sebagai Person of the Year pilihan pembaca, mengalahkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Sementara, Paus Fransiskus yang terpilih sebagai Person of the Year tahun 2013 juga berada di bawah peringkat Jokowi. Pemimpin Vatikan itu berada di ranking 9 Person of the Year berdasarkan pilihan pembaca TIME.

Jokowi yang merupakan Presiden ke-7 RI juga mengalahkan pemimpin dunia lain, seperti Kanselir Jerman Angela Merkel di peringkat 14 dan mantan Menteri Luar Negeri yang berencana maju pada Pilpres AS pada 2016 mendatang, Hillary Clinton.

Presiden China Xi Jinping juga berada di belakang Jokowi, tepatnya di peringkat 24. Diikuti Presiden Suriah Bashar al-Assad di ranking 26.

Editor eksekutif TIME Nancy Gibbs menjelaskan alasan Person of the Year 2014 diberikan pada para pejuang yang menangani virus Ebola.

"Saat ini, virus Ebola menjadi ancaman, dan sangat kecil kemungkinan untuk saat ini untuk mencegah penyebaran virus tersebut," ujar Nancy.

Dalam beberapa bulan terakhir, virus Ebola berjangkit di sejumlah negara Afrika Barat. Dimulai dari Liberia, Guinea, dan Sierra Lione. Kemudian virus menyebar ke Nigeria, Mali dan berpeluang ke negara di kawasan lain.

"Para pejuang [Ebola](2145715 "") selama ini bekerja melawan maut. Mereka berani, mempertaruhkan nyawa, menghadapi risiko tertular virus tersebut," kata Nancy. (Ein)

5 Wajah Imut Pramugari Indonesia

Posted: 10 Dec 2014 09:02 PM PST

Memiliki profesi sebagai pramugari pastinya Anda dituntut untuk tampil cantik, menarik juga pintar. Bahkan beberapa perusahaan jasa menentukan kriteria dan persyaratan khusus bagi para perempuan yang ingin menjadi pramugari di perusahaan mereka.

Orang yang memiliki wajah dan berpenampilan menarik biasanya lebih disukai banyak orang karena tugas pramugari selalu berhubungan dengan orang luar atau klien. Namun, memang banyak pramugari yang memiliki paras cantik nan menarik, tetapi coba Anda perhatikan apakah banyak pramugari yang memiliki wajah imut?

Ya, siapa yang tak tertarik melihat perempuan yang memiliki wajah imut atau baby face, apalagi jika dia memiliki profesi sebagai pramugari. Siapa penumpang yang tak senang jika dilayani para pramugari imut tersebut. Nah, berikut 5 pramugari Indonesia yang memiliki wajah imut dari maskapai berbeda:

 

(Havila, pramugari dari maskapai Batik Air)

 

(Putri Indah Pratiwi, pramugari dari maskapai Garuda Indonesia)

 

(Namirah Hasan, pramugari dari maskapai Garuda Indonesia)

 

(Dinda Cendikia, pramugari dari maskapai Lion Air)

 

(Dede Puspita Sari,  pramugari dari maskapai Lion Air)

 

Bagaimana menurut Anda?

BBM Naik, Tak Ada Kenaikan Harga Tiket Kapal Laut Saat Natal

Posted: 10 Dec 2014 09:01 PM PST

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tak ada kenaikan tarif angkutan laut saat libur Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Kebijakan tersebut tidak terpengaruh penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. 

 
"Nggak ada kenaikan tarif angkutan laut untuk Natal dan Tahun Baru ini," tegas Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Bobby R Mamahit kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Kamis (11/12/2014). 
 
Menurutnya, pemerintah menerapkan mekanisme tarif batas atas dan batas bawah untuk angkutan laut yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen). Dengan aturan tersebut, operator jasa angkutan laut tidak dapat melanggar ketentuan meskipun ada kebijakan kenaikkan harga BBM subsidi. 
 
"Kapal barang sudah tidak pakai BBM subsidi, sedangkan kapal penumpang masih. Tapi kita kan kasih subsidi ke kapal perintis sehingga nggak ada ribut-ribut soal kenaikan harga BBM subsidi," terang Bobby. 
 
Lebih jauh katanya, pemerintah juga mengimbau kepada perusahaan jasa angkutan laut dan pemerintah daerah (pemda) untuk menyediakan intermoda angkutan di pelabuhan. "Jangan sampai penumpang terlantar di pelabuhan," harap dia. 
 
Sebelumnya, Bobby memperkirakan jumlah penumpang yang menggunakan jasa armada laut naik 3 persen atau 26.475 orang mencapai 908.974 dibanding realisasi pada Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 sebanyak 882.499 orang. 
 
Dengan proyeksi tersebut, pemerintah akan menyiapkan 1.258 unit angkutan laut yang sanggup menampung 213.314 penumpang saat libur Natal tahun ini dan Tahun Baru 2015. (Fik/Ndw)

Mengintip Ferrari FXX K Jajal Sirkuit Yas Marina

Posted: 10 Dec 2014 09:00 PM PST

Setelah sukses menuai perhatian di acara peluncurannya, kini FXX K yang didapuk sebagai supercar paling bengis milik Ferrari giliran unjuk gigi di sirkuit eksotik Yas Marina Circuit.

Sebagai kendaraan yang didedikasikan sebagai mobil khusus sirkuit, Ferrari XX K pun lincah melesat dan tak canggung melahap berbagai tikungan di padang pasir tersebut.



Dilansir dari Inautonews, Selasa (9/12/2014), Raffaele De Simone, pengemudi dari divisi pengembangan Ferrari didapuk untuk menjajal langsung trek Yas Marina Circuit dari balik kemudi Ferrari FXX K tersebut.

Adapun, Ferrari FXX K yang cuma boleh meluncur di sikuit ini diproduksi super terbatas hanya sebanyak 40 unit. Gilanya, mobil yang dibanderol sebesar US$ 2,5 juta ini dikatakan malah sudah ludes dipesan para orang berduit.



Seperti versi jalanannya, Ferrari XX K mengusung mesin V12 berkapasitas 6,3 liter yang mampu memproduksi 860 horse power (HP). Kemudian, mobil juga diperkiat penggerak elektrik yang bisa menyuplai tenaga 190 HP.

Dengan menganut penggerak hibrida, Ferrari mengklaim bahwa XX K mampu menyemburkan tenaga 1.050 HP. Kemudian, mobil ini juga mengalami peningkatan downforce sebesar 50 persen ketika meluncur di trek menggunkaan ban slick Pirelli.

Lama Hilang, Avril Lavigne Kena Penyakit Misterius

Posted: 10 Dec 2014 09:00 PM PST

Rocker wanita asal Kanada, [Avril Lavigne](2127606 ""), lama tak terdengar aksinya di kancah musik dunia. Usut punya usut, Avril sedang mengalami masalah kesehatan.

Hal itu terungkap melalui pesan langsung Avril di Twitter kepada akun fans @AvrilMusicChart yang kemudian diungkap ke publik belum lama ini.

"Aku merasa buruk tidak dapat mengatakan apa-apa kepada fans mengapa aku absen.. Aku sedang tidak sehat. Aku punya masalah kesehatan, tolong doakan aku" tulis Avril.

Seperti dilansir LA Times, Rabu (10/12/2014), manajemen Avril Lavigne membenarkan pesan tersebut namun tidak banyak berkomentar. Sampai saat ini, tak ada yang tahu apa penyakit yang sedang diderita pemilik hits Sk8ter Boi dan I'm With You ini.



Bahkan, Avril sempat diisukan hamil meski hal ini ditampik oleh sang suami, [Chad Kroeger](2130815 "").

"Selepas SMA, semua omong kosong itu.. Tidak berarti dibandingkan dengan dunia selebritis," ungkapnya dalam sebuah wawancara.

"Konyol, berapa kali Jennifer Aniston hamil tahun ini? Selusin? Mari membuat rumor baru, aku hamil!" tambah vokalis Nickelback tersebut.

Sepanjang karirnya, Avril lavigne telah merilis lima album dan telah menjual lebih dari 40 juta keping album di seluruh dunia.

Pertagas Akhirnya Operasikan Pipa Arun Belawan

Posted: 10 Dec 2014 08:58 PM PST

PT Pertamina Gas (Pertagas) akhirnya mengoperasikan Pipa Arun Belawan yang proses konstruksinya sudah dimulai sejak Agustus 2013. Proyek pipa gas berkapasitas 300 million standard cubic feet per day (MMSCFD) ini membentang sepanjang 350 kilometer dari Arun, D.I Aceh hingga Medan, Sumatera Utara.

"Pemerintah akan terus mendorong dan memfasilitasi Pertagas, agar pipa Arun Belawan dapat beroperasi normal hingga tahap komersial," ungkap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM ) Sudirman Said dalam acara Commissioning Pipa Gas Arun-Belawan di Medan, Kamis (11/12/2014).

Dia juga menerangkan, pipa Arun Belawan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat wilayah Sumatera dan Aceh.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pertamina Gas (Pertagas) Hendra Jaya memgaku puas mengingat pembangunan proyek pipa tersebut berlangsung tepat waktu.

Di tahap awal, proses uji coba pipa gas dilaksanakan di kawasan PLN Pembangkitan Listrik Sumatera Utara, sektor Pembangkitan Belawan. Itu diputuskan dengan pertimbangan PLN sebagai konsumen utama yang akan menerima aliran gas pertama dari pipa tersebut.

"Kami bersyukur pipa Arun Belawan sudah dapat beroperasi sehingga supply listrik ke wilayah tersebut lebih lancar. Gas dari pipa tersebut juga dapat digunakan untuk menanggulangi krisis listrik dan kebutuhan energi masyarakat Aceh dan Sumatera Utara," terangnya.

Hendra menjelaskan, jika proses uji coba berjalan dengan baik, pipa Arbel akan memasuki tahap komersialisasi pada kuartal pertama 2015. (Sis/Gdn)

Korupsi di Kemenkop UKM, Anak Syarief Hasan Minta Dihukum Ringan

Posted: 10 Dec 2014 08:56 PM PST

Terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Videotron di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) tahun anggaran 2012, [Riefan Avrian](2142630 "") meminta majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta tidak menjatuhkan hukuman berat kepadanya.

Hal itu disampaikan Riefan saat membacakan nota pembelaan atau pledoi atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (11/12/2014).

"Pertama, jika memang saya dipermasalahkan dalam perkara ini, saya mempunyai harapan agar saya bisa dihukum ringan agar masalah cepat selesai di Pengadilan Negeri ini," ujar Riefan.

Bahkan, anak kandung dari mantan Menkop UKM sekaligus Ketua Harian Partai Demokrat [Syarief Hasan](2142630 "") itu meminta hukumannya sebanding dengan apa yang telah dputuskan pengadilan kepada anak buahnya, Hendra Saputra yaitu penjara 1 tahun dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan.

"Jika memungkinkan, juga saya harap yang mulia dalam mengambil keputusan ini menggunakan dasar-dasar yang sama dengan apa yang ada di perkara Hendra Saputra," kata dia.

Tak hanya itu, mengenai aset kekayaanya yang dianggap jaksa hasil dari korupsi dan akan disita untuk negara, Riefan minta diizinkan oleh hakim menunjuk sendiri jasa penilai publik.

"Demikan apa yang sudah saya sampaikan sekiranya bisa menjadi pertimbangan buat yang mulia. Terima kasih," pungkas Riefan.

Pada perkara ini, Riefan Avrian oleh jaksa dituntut pidana penjara selama 7 tahun 6 bulan serta denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan karena dianggap bersalah melakukan korupsi proyek pengadaan dan pemasangan Video Tron di Kemenkop dan UKM tahun anggaran 2012 sebesar Rp 5,39 miliar.

Ia pun dituntut membayar uang pengganti Rp 5,3 miliar. Dan jika uang pengganti tidak dibayarkan dalam jangka 1 bulan setelah perkara itu berkekuatan hukum tetap maka harta dan benda Riefan akan disita dan dilelang sebagai pidana pengganti. Selanjutnya apabila harta benda itu tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti maka Riefan bakal dipidana penjara selama 3 tahun 9 bulan.

Perbuatan korupsi yang dilakukan Riefan dianggap Jaksa memenuhi unsur dakwaan primer yaitu Pasal 2 ayat (1) juncto Pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No.31/1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana [Korupsi](2142630 "") juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

12 Gambar Menakjubkan Bumi dari Luar Angkasa

Posted: 10 Dec 2014 08:51 PM PST

Dari angkasa luar, Bumi terlihat mirip kelereng biru yang berotasi melawan arah jarum jam. Berkat kemajuan teknologi, terkuak rupa lain dari planet manusia.

Sejumlah wahana antariksa mengabadikan permukaan Bumi dari angkasa secara lebih detil, termasuk WorldView-2 dan WorldView-3 milik perusahaan DigitalGlobe -- yang masuk jajaran satelit komersial tercanggih.

Satelit-satelit tersebut memiliki resolusi sedemikian tajam, sampai-sampai Pemerintah Amerika Serikat melarang sejumlah citra yang dihasilkan dipublikasi untuk umum. Tak semua gambar diloloskan.

Setiap bulan Desember, DigitalGlobe mengadakan jajak pendapat di situs jejaring sosial Facebook untuk memilih citra satelit favorit. Berikut di antaranya yang Liputan6.com kutip sebagian dari News.com.au, Kamis (11/12/2014):

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/778519/big/074889200_1418207955-105851-bcc6017e-8005-11e4-9363-aba3d5afaa70.jpg

Gambar di atas mengabadikan letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Indonesia. Sejak September 2013 lalu, hingga saat ini, Sinabung tak henti-hentinya 'batuk'. Muntahan abunya mengubur lahan-lahan pertanian subur di kaki gunung, mengusir ribuan warga dari rumahnya.

Tak hanya membuat pemandangan di sekitarnya kelabu, Sinabung juga merenggut nyawa. Di antaranya 14 orang yang ditemukan tewas terkena luncuran awan panas ketika sedang mendatangi Desa Suka Meriah, Kecamatan Payung, yang berada dalam zona bahaya I.


Bentrok antara pendemo anti-pemerintah dan pasukan huru hara mengubah lapangan kebebasan alias "Maidan" di jantung Kiev, Ukraina menjadi zona tempur.

Dari ratusan kilometer di atas permukaan Bumi, kericuhan itu terlihat abstrak, mirip seperti yang ada dalam game komputer SimCity.

DigitalGlobe mengatakan, lembaga pemerintah bisa menggunakan satelitnya untuk melacak pergerakan massa, dengan memonitor perubahan kerumunan orang dan tenda, mencari tahu di mana blokade ditempatkan, dan indikator potensi terjadinya eskalasi kekerasan. 



Sebagian wilayah Antartika kehilangan lapisan esnya, rata-rata 6,1 miliar ton per tahun. Satelit mampu melacak perubahan iklim lewat terjadinya lelehan gletser, naiknya level air laut, dan cuaca ekstrem.

Lapisan es dan tepian gletser – terus luruh. Gletser menyusut dan menghanyutkan lebih banyak es ke lautan sekitar.

Kebakaran Hutan Hingga Malapetaka Polusi




Gelombang panas dan angin Santa Ana mengipasi kebakaran di negara bagian California, Amerika Serikat. Aktivitas kuliah di California State University di Kampus Camarillo juga terpaksa dihentikan sementara. Karena kobaran api dan asap tebal merambat menuju ke sana.



Gambar satelit mengabadikan asap tebal yang keluar dari cerobong-cerobong raksasa pembangkit listrik yang ditenagai batu bara. Bercampur dengan polutan lain, polusi mengganggu pernafasan warga di sejumlah kota besar di Tiongkok. Memicu 'airpocalypse'.



Satelit juga mampu menangkap citra konser band Arcade Fire atau Metallica dari angkasa luar -- lewat tenda-tendanya yang berwarna warni milik permen dan kerumunan orang di sekitarnya.

Es yang menutupi Samudera Arktik meleleh, membuka jalur pelayaran baru. Sebuah kesempatan yang tak disia-siakan perusahaan migas untuk melakukan eksplorasi.





Menurut Digital Globe, badan pertahanan dan intelijen bergantung pada citra sebuah bandara untuk kepentingan data dan analisis pola. Juga terkait situational awareness atau kesadaran situasional.  

Tambang Berlian Hingga Eksodus Besar-besaran




Tambang Diavik yang berada di wilayah terpencil Northwest Territories, Kanada memproduksi berlian yang dijadikan perhiasan-perhiasan mewah yang dipasarkan di seluruh dunia.

Pada November 2014, perusahaan tambang raksasa Rio Tinto mengumumkan rencana ekspansi senilai 420 juta dolar Australia di tambang tersebut. 



Satelit juga mengabadikan momentum eksodus besar-besaran warga dari Kota Sinjar, Irak, di mana pengungsi Yazidi melintasi gunung curam untuk menghindari pembantaian merajalela yang dilakukan militan ISIS.



Penangkapan ikan berlebihan (overfishing) di seluruh dunia menghabiskan stok ikan yang hidup liar di lautan. Cara lain dipilih, yakni dengan akuakultur atau sistem pembudidayaan ikan.

Satelit dapat digunakan untuk memantau kandungan oksigen, ganggang yang mekar, dan kondisi penting di perairan di sekitar tambak ikan besar, juga serta kerusakan hutan bakau dan habitat alami lainnya.



Sebuah kota kecil dekat perbatasan Turki, Kobani, menjadi  zona tempur perang saudara di Suriah. Di sana militan ISIS bertempur sengit dengan pasukan Kurdi di tengah serangan udara Amerika Serikat.

Sementara, warga dari seluruh Suriah menuju Kobani untuk melarikan diri ke negara tetangga. (Ein/Tnt)

Kekasih Tak Mempermasalahkan Status Tata Janeeta

Posted: 10 Dec 2014 08:50 PM PST

Hubungan asmara Tata Janeeta dengan pria asal Iran, Mehdi Zati, sudah pada tingkat serius. Bahkan keduanya ingin segera menuju pelaminan. Mehdi pun tak mempermasalahkan status Tata seorang janda beranak dua, apalagi dirinya sudah dekat dengan mereka.

"Off course, saya nggak masalah karena saya cinta dia. Saya dekat dengan anak-anaknya juga," ungkap Mehdi Zati, saat menemani Tata Janeeta di acara Acmad Bakrie, di Djakarta Theater, Jakarta Pusat,  Rabu (10/12/2014).

Saking sayangnya Mehdi Zati kepada anak-anak Tata Janeeta dari pernikahan sebelumnya, dia pun punya panggilan sayang.

"Dia panggil anak-anakku itu dengan panggilan sayang, monster. Anak-anakku sayang banget sama dia. Cepat nyaman dengan dia. Dia kalau nyari anak-anak pasti ngomongnya dimana monster-monsterku," jelas Tata Janeeta.
 
Bagi Mehdi Zati, Tata Janeeta adalah sosok wanita sempurna. Tata bisa membuat nyaman dirinya, itu salah satu alasan dia jatuh cinta kepada Tata.

"Saya merasa lebih comfort saja rasanya. Sangat nyaman. Tata sosok orang yang perfect buat saya," tutup Mehdi Zati.(Cho/Mer)

Pengguna Instagram Tembus 300 Juta

Posted: 10 Dec 2014 08:48 PM PST

Instagram kembali menorehkan rekor baru. Layanan berbagi foto dan video ini secara resmi memiliki 300 juta pengguna aktif.

Dilansir Business Insider, Kamis (11/12/2014), Instagram mengumumkan pencapaian baru ini di laman blog resminya. Instagram melalui 300 juta penggunanya berhasil melampaui jumlah pengguna Twitter.

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kini telah memiliki 300 juta Instagrammers (pengguna Instagram). Selama empat tahun terakhir, apa yang dimulai dengan mimpi dua orang teman telah tumbuh menjadi komunitas global yang berbagi 70 juta foto dan video setiap hari," ungkap Chief Executive Officer (CEO) Instagram, Kevin Systrom.

Sejak kelahirannya empat tahun lalu, layanan milik Facebook ini berkembang dengan cepat. Misalnya, dari 100 juta pengguna pada 2012 naik menjadi 200 juta pada Maret tahun ini.

Melalui pencapaian ini, Instagram kini berhasil melewati Twitter. Menurut laporan Re/code, Twitter saat ini memiliki 284 juta pengguna. Systrom berjanji bahwa Instagram akan memperkuat layanannya dan meghilangkan akun-akun palsu.

"Dengan semakin banyaknya orang bergabung, maka menjaga Instagram agar tetap otentik adalah hal yang penting. Kami berjanji akan membersihkan Instagram dari akun-akun palsu dan spam yang saat ini banyak bertebaran di internet," ungkap co-founder Instagram tersebut. (din/isk)

Tidak ada komentar: