Selasa, 30 Desember 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Benarkah Konsumsi Apel Bikin Kembung?

Posted: 30 Dec 2014 08:45 PM PST

Meski menyehatkan, beberapa buah seperti apel ternyata yang bisa menimbulkan perut kembung dan rasa tidak nyaman setelah memakannya. Benarkah?

Nutisionist Cynthia Sass, MPH, RD menyampaikan bahwa apel sangat tinggi serat dan mengandung fruktosa dan sorbitol (gula dalam buah-buahan) yang seringkali membuat seseorang cepat kenyang. Hal ini membuatnya mengakui kalau apel bisa menyebabkan perut kembung.

"Apel adalah makanan ringan yang segar karena satu buah menyediakan rata-rata 4,5 gram protein dan sekitar 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Walaupun makan apel dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung dan masalah pernapasan, termasuk asma, bronkitis, dan emfisema namun buah ini bisa menimbulkan kembung," kata Sass, seperti dikutip Health, Rabu (31/12/2014).

Selain apel, buah yang bisa membuat perut kembung adalah pir, persik, dan buah prune. Bila Anda memiliki masalah pencernaan yang membuat perut kembung, Sass senrdiri menyarankan konsumsi mentimun, buah yang kaya kalium seperti pisang, alpukat, kiwi, jeruk, dan pepaya (papain) yang dapat membantu memecah protein dalam sistem pencernaan Anda.

"Buah tropis memiliki sifat anti-inflamasi, serta serat yang mendukung saluran pencernaan yang kuat," ungkapnya.

Tren 2014: 20 Keahlian yang Paling Dicari

Posted: 30 Dec 2014 08:44 PM PST

Situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama yang sering digunakan oleh kalangan profesional, [LinkedIn](2147647 ""), baru-baru ini merilis daftar keahlian atau skill yang paling dicari oleh perusahaan pada 2014. Keahlian ini adalah [tren 2014.](2151808 "") 

Dengan lebih dari 330 juta orang menggunakan layanan ini untuk membuat daftar resume mereka, mencari pekerjaan hingga mencari pekerja baru, LinkedIn memang memiliki data yang melimpah tentang pasar tenaga kerja saat ini. Jejaring sosial ini memungkinkan seseorang untuk 'menjual diri' secara online.

Bagi Anda yang memiliki keahlian di bawah ini, berbahagialah. Berarti Anda adalah salah satu orang dengan kemampuan tertentu yang paling sering dicari perusahaan.

Memang, selain digunakan untuk 'menjual diri' ke perusahaan, perusahaan pun mencari orang-orang yang sesuai untuk perusahaannya di situs jejaring sosial ini. Para eksekutif di Fortune 500 ada di dalamnya. 

Untuk sampai pada daftar ini, LinkedIn menganalisis data yang ada pada situs mereka. Pertama, LinkedIn membuat kategori untuk kelompok keahlian yang serupa. Misalnya keterampilan 'android developer' atau 'iOS developer', maka dua keahlian tersebut ditempatkan dalam kategori 'mobile developer'.

Dari kategori tersebut, LinkedIn melihat semua aktivitas perekrutan pekerja baru dalam satu tahun terakhir, yaitu mulai 1 Januari-1 Desember 2014.

Penasaran keahlian apa saja yang paling sering dicari oleh perusahaan melalui LinkedIn dan menjadi [tren 2014](2152654 "")? Berikut daftarnya, yang ditulis Rabu (31/12/2014):

1-10

1. Statistics Analysis and Data Mining

2. Middleware and Integration Software

3. Storage Systams and Management

4. Network and Information Security

5. SEO/SEM Marketing

6. Business Intelligence

7. Mobile Development

8. Web Architecture and Development Framework

9. Algorithm Design

10. Perl/Python/Ruby

11-20

11. Data Engineering dan Data Warehousing

12. Marketing Campaign Management

13. Mac, Linux dan Unix Systems

14. User Interface Design

15. Recruiting

16. Digital and Online Marketing

17. Computer Graphics and Animation

18. Economics

19. Java Development

20. Channel Marketing

Jokowi Bakal Kunjungi Lokasi Kebakaran Pasar Klewer Siang Ini

Posted: 30 Dec 2014 08:41 PM PST

Dari Surabaya, Jawa Timur, Presiden [Jokowi](2154390 "") bakal bergeser ke Kota Solo untuk meninjau lokasi kebakaran Pasar Klewer. Usai meninjau [Pasar Klewer](2153841 ""), mantan Walikota Solo itu juga akan merayakan malam pergantian tahun di kota kelahirannya tersebut.

"Dari Surabaya, Presiden langsung ke Solo. Ya, kira-kira sekitar pukul 14.00 WIB sampai di Solo," kata Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama, Mayor Djoko Nugroho di Solo, Jawa Tengah, Rabu (31/12/2014).

Setibanya di Bandara Adi Soemarmo Solo, lanjut dia, rombongan Jokowi akan langsung meninjau lokasi kebakaran di Pasar Klewer Solo. "Ke Klewer, Pak Presiden akan meninjau lokasi kebakaran," ujar dia.

Dari Pasar Klewer, sambung dia, Jokowi akan pulang ke kediaman pribadinya di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo. "Beliau akan pulang ke rumahnya di Sumber," ucap Djoko.

Tahun Baru

Rencananya pada malam perayaan Tahun Baru, Jokowi juga akan hadir dalam salah satu acara yang digelar di Kota Solo.

"Malam nanti, Pak Presiden kalau nggak ke acara Slank di Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan atau di acara car free night di Solo. Beliau akan hadir di antara salah satu acara tersebut," tandas dia.

Selanjutnya rombongan [Jokowi](2154489 "") dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada Kamis pagi 1 Januari 2015.

Sebelumnya, [Pasar Klewer terbakar](2153829 "") pada Sabtu malam 27 Desember 2014. Api baru berhasil dipadamkan pada Senin pagi, 29 Desember 2014. Butuh waktu 36 jam untuk memadamkan si jago merah. (Ndy/Yus)

Video Gol-gol Indah di Duel Real Madrid vs AC Milan

Posted: 30 Dec 2014 08:40 PM PST

Dua tim pengoleksi gelar Liga Champions terbanyak, Real Madrid dan AC Milan, bertarung. Meski hanya pertandingan persahabatan, duel [Real Madrid vs AC Milan](2154461 "") ini menghasilkan banyak gol. I Rossoneri sukses mencukur Madrid 4-2.

Bertarung di The Sevens Stadium, Dubai, Selasa (30/12/2014) malam WIB, Milan tampil menyerang sejak awal pertandingan. Hasilnya, Rossoneri membuka keunggulan melalui Gol Jeremy Menez di menit ke-24.

Stephan El Shaarawy kemudian menggandakan keunggulan Milan di menit ke-31. Real Madrid sempat memperkecil ketertinggalan di babak pertama melalui gol Cristiano Ronaldo empat menit berselang.

Milan menambah dua gol lagi di paruh selanjutnya. Baru tiga menit babak kedua berjalan, El Sharaawy sukses mencetak gol keduanya. Gol Giampaolo Pazzini semakin menambah derita Madrid. El Merengues hanya mampu membalas melalui gol Karim Benzema di menit ke-84.

Laga [Real Madrid vs AC Milan](2154461 "") ini pun berakhir dengan kemenangan Milan dengan skor 4-2.

Baca Juga:
[Seksi Menggelora Pose Bikini WAGs Mantan Bintang Liverpool](2150323 "")
[Berbikini Ala Santa, Keseksian WAGs Mantan Liverpool Merekah](2149673 "")
[Bikini Putih Pacar Nasri Siratkan Kemolekan](2146075 "")

 

Cerita Nicki Minaj Soal Aborsi Ketika SMP

Posted: 30 Dec 2014 08:40 PM PST

Nicki Minaj menuturkan cerita kelam semasa ia duduk di bangku SMP. Rapper yang ikut menyanyikan `Bang Bang` bersama Jessie J dan Ariana Grande ini membeberkan cerita masa muda ketika ia menempuh aborsi karena janin yang dikandung di dalam rahimnya.

Seperti dikutip Mirror belum lama ini, pelantun Superbass ini merasa belum siap menjadi seorang ibu. Tetapi, keputusannya untuk aborsi masih menghantuinya sampai saat ini.



Kepada Rolling Stone diceritakannya hal ini, "Aku pikir aku akan mati saat itu. Aku masih remaja dan itu adalah hal terberat yang pernah aku lalui dalam hidupku," kata Nicki.

Wanita bernama asli Onika Tanya Maraj itu kemudian pindah dari Trinidad and Tobago ke New York dan mulai menyibukkan diri dengan belajar pendidikan dan seni di sekolah LaGuardia.

Jika saat ini orang-orang melihat Nicki sudah bisa berkarya lewat single kontroversial seperti Anaconda, itu diakuinya hanya sebagai kulit luar. Nicki mengaku masih dikejar-kejar rasa bersalah. "Saat itu aku masih remaja, aku tidak punya apa-apa untuk menafkahi anakku," sesal Nicki.

(Put/Ade)

Tahun Baru 2015: Tradisi Malam Tahun Baru Komunitas Latin

Posted: 30 Dec 2014 08:35 PM PST

Para keturunan latin di Amerika Serikat sedang mempersiapkan perayaan menyambut tahun baru 2015. Persiapan malam tahun baru mereka cukup berbeda dengan kebanyakan masyarakat Amerika Serikat. Mereka merayakan sesuai dengan tradisi, ritual, dan adat istiadat leluhur mereka.

Lantas, apa sajakah tradisi mereka dalam menyambut tahun baru 2015? Berikut ulasan yang dilansir dari Voxxi.com, Rabu (31/12/2014):

12 Buah Anggur

1. 12 Buah Anggur

Tradisi menyiap 12 buah anggur merupakan ritual paling terkenal dalam menyambut tahun baru. Ke-12 buah anggur akan diletakkan dalam mangkuk kecil dan diletakkan di meja makan.

Tradisi ini menyatakan bahwa anggur harus dimakan sambil mengucapkan keinginan oleh masing-masing anggota keluarga pada saat lonceng berbunyi tepat jam 12 malam di tanggal 31 Desember.

Ada pula yang melaksanakan ritual dengan memakan anggur sambil berdiri dengan satu kaki kiri. Ketika memasuki tahun baru, baru kaki kanan diturunkan.

Membersihkan Rumah

2. Membersihkan Rumah

Ritual dari warga Meksiko ini diadakan sebelum tengah malam saat pergantian tahun baru. Bersihkan rumah hingga setiap sudut dan tempat terpencil yang jarang disentuh.

Ritual ini dipercaya bisa membawa gelombang baik dan energi baru. Beberapa keluarga, membuang seluruh perlengkapan bersih-bersih usai membersihkan rumah dan memasuki tahun baru.

Pakaian Dalam Baru

3. Pakaian Dalam Baru

Tradisi ini sangat populer di kalangan muda. Tampilan seksi mereka dapatkan dengan membeli pakaian dalam baru berwarna atau bercorak tertentu. Menggunakan warna kuning di hari terakhir tahun lalu bisa menarik uang dan kemakmuran. Warna merah akan mendatangkan cinta dan kebahagiaan.

Kacang-Kacangan

4. Kacang-Kacangan

Menaruh kacang mentah di dalam saku selama tujuh hari dipercaya akan bisa menarik energi yang menciptakan kemakmuran dan kedatangan uang lebih banyak di tahun depan.

Keinginan Berkelana

5. Keinginan Berkelana

Liburan akhir tahun menjadi kesempatan besar untuk menikmati dan menjelajahi dunia. Tak perlu berkelana ke negeri yang jauh dari tempat asal, tetapi cukup berjalan mengelilingi daerah sekitar yang tak sempat dinikmati di hari sibuk.

Membuang Air ke Jendela

6. Membuang Air ke Jendela

Tradisi ini berasal dari Puerto Rico. Membuang seember air ke jendela dimaksudkan untuk mengusri energi buruk yang dari ke rumah. Sebelumnya, seember air tersebut harus dibawa keliling ke seluruh penjuru rumah. Maksudnya, mengumpulkan segala energi buruk yang akan dibuat keluar.

Emas dan Sampanye

7. Emas dan Sampanye

Beberapa keluarga merayakan akhir tahun dan awal tahun dengan memegang gelas penuh sampanye. Cukup unik ketika benda emas dimasukkan ke dalam gelas tersebut. Ritual ini ditunjukkan untuk mencapai kemakmuran di tahun mendatang.

Perayaan Tahun Baru, Jakarta Siagakan 1.150 Petugas Kebersihan

Posted: 30 Dec 2014 08:31 PM PST

Merayakan pergantian tahun dari 2014 ke 2015, Pemprov DKI Jakarta kembali menggelar [Jakarta Night Festival](2154569 "") (JNF). Ribuan warga diperkirakan akan memenuhi Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, untuk mengikuti acara tersebut.

Mengantisipasi tumpukan sampah sisa perayaan malam tahun baru, Dinas Kebersihan Pemprov DKI menyiagakan 1.150 petugas kebersihan. Mereka disebar di seluruh wilayah DKI.

"Petugas kita siap membersihkan JNF," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas Kusumadewi alias Tyas di Silang Monas Barat, Jakarta Pusat, Rabu (31/12/2014).

Selain petugas kebersihan, Pemprov DKI juga menyiapkan sarana pembersihan. Di antaranya 11 unit truk sampah, 22 unit gerobak motor, 6 unit pick up lintas, 14 toilet mobile, 5 unit truk tangki air bersih, dan 2 unit truk tangki air kotor.

"Kami juga menyiagakan Posko Mobile di 9 titik lokasi pengawasan panggung hiburan JNF," kata Tyas.

Dia berharap masyarakat yang menghadiri JNF 2015 dapat menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. "Di setiap 50 meter lokasi JNF kami sediakan tempat sampah pilah atau motor. Masyarakat dapat membuang sampah di tempat tersebut," imbuh dia.

Warga juga dapat mengadukan permasalahan penanganan kebersihan acara tersebut di posko yang telah tersedia atau menghubungi hotline 021-8092744 dan 081381002000.

Menjajal Mobil Pembersih Sampah

Sampah yang dihasilkan perayaan malam tahun baru juga akan dibersihkan mobil penyapu sampah otomatis (street sweeper). Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat telah menjajal cara kerja salah satu mobil street sweeper.

Djarot memuji kerja armada pembersih sampah otomatis itu. Namun, menenkankan satu hal. "Cukup canggih dan bagus. Tetapi operatornya (sopir) harus dilatih dulu," ujar Djarot usai meresmikan 21 unit mobil penyapu sampah.

"Kalau salah, ini bisa cepat rusak. Kita akan evaluasi apakah efektif dengan 21 unit ini. Perlu nggak ditambah," ucap Djarot. (Sun/Yus)

Pertumbuhan Kinerja IHSG Tertinggi ke-4 di Bursa Asia

Posted: 30 Dec 2014 08:31 PM PST

Pertumbuhan kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menorehkan prestasi sepanjang 2014. Posisi IHSG berada di posisi keempat di antara bursa saham regional.

IHSG naik 22,29 persen secara year to date (Ytd) ke level 5.226,95 pada penutupan perdagangan saham Selasa (30/12/2014) dari penutupan perdagangan 2013 di kisaran 4.274,18. Pada penutupan perdagangan saham kemarin, IHSG menguat 48,57 poin atau sekitar 0,94 persen.

Posisi IHSG di bawah bursa saham Filipina. Indeks saham PSE naik 22,76 persen ke level 7.230. Pasar modal Indonesia pun bersaing dengan Filipina.

"Baik wilayah Asia Pasifik dan Asia, saya kira head to head dengan Filipina. Namun memang ukurannya lebih kecil. Mudah-mudahan kita tumbuh lebih dengan optimisme lebih besar," ujar Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad.

Di bursa saham Asia, Bursa saham China berhasil mencatatkan pertumbuhan tertinggi sepanjang 2014. Bursa saham China naik 49,61 persen, lalu bursa saham India naik 29,29 persen, dan bursa saham Filipina menguat 22,76 persen.

Penguatan IHSG ini ditopang oleh sejumlah sektor saham antara lain sektor saham properti, real estate, dan konstruksi naik 55,76 persen, lalu disusul sektor saham keuangan mendaki 35,41 persen ke level 731,64 dan sektor saham infrastruktur, utilitas, dan transportasi menguat 24,71 persen.

Pada 2014, IHSG sempat menguat tajam dalam satu hari perdagangan saham. IHSG naik 3,2 persen ke level 4.878,64 pada penutupan perdagangan saham 14 Maret 2014. Hal itu didukung pencalonan Joko Widodo (Jokowi) menjadi presiden oleh ketua umum Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDIP-P) Megawati.

IHSG pun mencatatkan level tertinggi sepanjang sejarah di kisaran 5.246,48 pada 8 September 2014. Tak hanya itu, aliran dana investor asing juga menorehkan rekor. Aliran dana investor asing mencapai Rp 42,59 triliun.

Meski demikian, transaksi perdagangan saham turun sepanjang 2014. Hal itu seiring kebijakan baru Bursa Efek Indonesia (BEI) soal fraksi harga dan jumlah satuan lot saham. Rata-rata nilai transaksi harian turun 3,9 persen menjadi Rp 5,9 triliun periode Januari-Desember 2014 dibandingkan periode sama 2013 sebesar Rp 6,24 triliun.

Selain itu, jumlah perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana/initial public offering (IPO) turun menjadi 24 perusahaan dibandingkan jumlah IPO 2013 sebesar 31 emiten. Total dana yang dihimpun dari pasar modal periode Januari-Desember 2014 adalah sebesar Rp 43,97 triliun. Dana yang dihimpun itu berasal dari IPO sebesar Rp 9,02 triliun, rights issue sebesar Rp 33,49 triliun dan waran sebesar Rp 1,46 triliun. (Ahm/)

Mengintip Lebih Dekat Kapal Millennium Falcon Versi Star Wars VII

Posted: 30 Dec 2014 08:30 PM PST

Tampilan terbaru pesawat legendaris Millennium Falcon untuk film Star Wars: The Force Awakens baru saja dipamerkan oleh Co. CEO Disney, Bob Iger. Tak tanggung-tanggung, ia langsung berpose di depan replika kapal berukuran asli di salah satu lokasi film.

Dilansir dari Ace Showbiz, Selasa (30/12/2014), foto tersebut dipajang pertama kali melalui majalah Fortune. Di situ, jarak antara Bob Iger dan replika pesawat yang menjadi latar belakangnya, terlihat cukup jauh. Namun, kapal tersebut bisa dibilang cukup dekat dan nyata ketimbang di dalam teaser trailer.

Mengamati Millennium Falcon versi Star Wars: The Force Awakens di foto tersebut, tidak ada perbedaan yang mencolok dengan versi klasiknya. Terlebih lagi, di sini kita hanya bisa melihat pesawat tersebut dari samping.

Kapal Millennium Falcon sendiri dikisahkan sebagai pesawat angkasa milik Han Solo yang pertama kali muncul di film Star Wars Episode IV: A New Hope (1977) dan muncul di film-film klasik berikutnya (hingga Episode VI). Di Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005), kapal ini disebut George Lucas sempat muncul sekilas, namun kurang begitu jelas.

 

Harrison Ford bakal mengulang perannya kembali sebagai Han Solo dalam Star Wars: The Force Awaken. Terdapat juga wajah-wajah baru franchise seperti Lupita Nyong'o, Adam driver, Oscar Isaac, Gwendoline Christie, John Boyega, dan Daisy Ridley.

Star Wars: The Force Awaken sudah siap untuk tayang di bioskop AS pada 18 Desember 2015 mendatang. Sementara itu, film spin-off Star Wars yang belum diberi judul, ditargetkan untuk tayang 16 Desember 2016 dengan Gareth Edwards sebagai sutradara. (Rul/Feb)

Google Doodle Sambut Tahun Baru Lewat Tren 2014

Posted: 30 Dec 2014 08:29 PM PST

Google melalui Google Doodle ikut menyambut semaraknya tahun baru. Momentum penting ini diwujudkan lewat Doodle berupa tren 2014 untuk membantu pengunjung melihat tren yang terjadi sepanjang 2014. Jika kursor diarahkan ke animasi Doodle tersebut, tulisan Selamat Tahun Baru akan muncul dalam Bahasa Inggris. Dan jika meng-klik Doodle tersebut, Google akan membawa kita ke topik `tren 2014`.

Pertama kali membuka, kita akan diarahkan oleh Google untuk menelusuri tren 2014 mengenai fesyen. Ingin menelusuri lebih dalam lagi? Fokuskan area tren. Google pun akan membawa kita menelusuri peristiwa yang lebih spesifik.

Jika area tren difokuskan khusus pada wilayah Indonesia, Google akan memberikan informasi mengenai topik paling tren 2014 di Indonesia. Setelah itu akan keluar data topik tren 2014 berdasarkan keyword (kata kunci) yang banyak dicari, antara lain: Jokowi, Prabowo, CPNS 2014, ISIS, dan Sakitnya Tuh Disini.

Google Doodle hari ini, Rabu (31/12/2014), ternyata tak hanya bertujuan untuk merayakan kedatangan tahun baru 2015. Namun, Google Doodle ingin membawa kita mengingat peristiwa bersejarah selama tahun 2014.

Apakah makna dari simbol bola yang ditendang oleh huruf L ke huruf E? Simbol bola ini menandakan adanya peristiwa pertandingan Piala Dunia 2014 di Brasil.

Bola ditendang, sebuah roket pun mengudara. Angka 1 pada susunan 2014 tiba-tiba berubah menjadi roket meluncur ke udara. Ini merupakan bukti adanya pendaratan robot Philae di komet 67P. Robot Philae pun mendarat pada angka 0 yang berubah wujud menjadi sebuah komet.

Tak hanya mengingatkan akan peristiwa bersejarah, Google Doodle juga mengingatkan kita pada sebuah tren 2014 yang tak kalah menariknya. Apalagi jika bukan games yang mengesalkan namun sangat seru, yaitu Flappy Bird. Game ini sempat ditarik dari peredaran pada saat sedang berada di puncak-puncaknya. Selamat tahun baru 2015!

(auf/dew)

Tidak ada komentar: