Selasa, 16 Desember 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Meneropong Langkah Inovasi Intel Indonesia di Tahun Depan

Posted: 16 Dec 2014 09:26 PM PST

Setelah sukses memasuki bisnis industri mobile, Intel kini melihat peluang baru yang diyakini akan semakin tumbuh dalam tahun-tahun mendatang yaitu era Internet of Things (IoT). Intel menilai segala sesuatu yang pintar dan terhubung ke internet adalah gambaran dari istilah IoT.

Country Manager Intel Indonesia, Harry K Nugraha, mengatakan bahwa istilah IoT memiliki pengertian yang luas. Namun secara ringkas, menurutnya IoT menjadi jembatan yang akan membantu manusia menuju era integrasi di tahun-tahun mendatang.

"Intel ada di mana-mana seperti server, notebook, tablet, dan smartphone. Kini kami akan mulai masuk ke era baru, di mana ada pasar yang belum disentuh dengan luas yaitu era machine to machine atau yang dikenal dengan istilah Internet of Things," tutur Harry di Plaza Senayan.

Contoh produk nyata dari IoT antara lain seperti kulkas dan kamera yang memiliki konektivitas WiFi, serta perangkat mobile yang saat ini tengah menjamur. Jumlah perangkat yang terhubung internet diyakini akan terus bertambah dalam tahun-tahun mendatang.

Adapun salah satu cara Intel mendorong IoT di Indonesia adalah dengan fokus mendukung inovasi Teknologi Infomasi dan Komunikasi (TIK) lokal pada tahun depan.

Harry menuturkan, Intel akan memberikan dukungan lebih besar kepada para inovator muda, developer, dan vendor perangkat mobile lokal. Menurutnya bakat-bakat Indonesia tak kalah hebat dibandingkan luar negeri.

Untuk developer, misalnya, Intel saat ini memiliki delapan ribu developer lokal dan perusahaan juga aktif melakukan berbagai kegiatan seperti menggelar pertemuan dan terlibat di asosiasi terkait.

"Cara lain untuk mendorong inovasi di Indonesia adalah bekerjasama dengan partner-partner kami meluncurkan tablet lokal. Ada banyak sekali yang bisa 'terhubung' dalam tahun-tahun mendatang, kita bisa eksplor dan memulai inovasi dari sisi lokal," sambung Harry.

Perangkat mobile sendiri dianggap masih memiliki potensi besar, sehingga kembali menjadi salah satu fokus Intel. Pasalnya, smartphone dan tablet diprediksi akan tetap tumbuh dan semakin besar.

"Dua tahun lalu kami bukan siapa-siapa di dalam industri (tablet dan smartphone), tapi hasilnya cukup baik pada tahun ini. Kami berharap pasar ini akan terus positif dan menjadi lebih baik," pungkasnya.

(din/isk)

Menteri Susi Tak Bisa Hidup Tanpa Laut

Posted: 16 Dec 2014 09:25 PM PST

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti sangat mengungkapkan bahwa laut memberikan arti yang besar bagi kehidupannya.

Menurut Susi, kesehariannya sulit dipisah dari laut karena memang sejak kecil hidupnya berada di laut. Sejak kecil ia belajar dari laut.

Susi pun bercerita, untuk mengisi waktu sering kali pergi menumpang perahu para nelayan untuk bermain-main di laut.

"Kadang iseng datang naik perahu ke Nusa Kambangan. Laut selalu memberikan perasaan free, blue, strong kalau saya berenang, " kata dia Seminar Jaya Giri Jaya Bahari, Refleksi 10 Tahun Tsunami, Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Bahkan, dia pun mengaku ada rasa yang kurang jika tidak menyentuh laut.

"Badan saya jiwa saya, kalau lama tidak liat dan menyentuh laut tidak hidup," tuturnya.

Menurut dia, laut memiliki potensi yang besar karena dua pertiga wilayah Indonesia air. Jadi, pihak memuji arah kebijakan ekonomi Presiden Joko Widodo menjadi laut sebagai basis utama.

"Potensi luar biasa dua pertiga adalah laut. Benar Pak Presiden, masa depan kita laut," tandas dia. (Amd/Gdn)

Pangandaran Bebas Malaria dalam Dua Tahun

Posted: 16 Dec 2014 09:24 PM PST

Jumlah penderita malaria di Kabupaten Pangandaran terbilang cukup tinggi. Namun, kini Anda yang ingin melancong ke aneka destinasi di Pangandaran tak perlu cemas lagi. Dalam beberapa tahun terakhir jumlah kasus penyakit yang disebabkan nyamuk anopheles betina di pesisir Jawa ini menurun. Bahkan dalam dua tahun terakhir tak ada kasus yang dilaporkan.

"Sejak tahun 2006 kasus malaria jumlahnya menurun. Bahkan di Pangandaran tahun ini nol kasus. Namun bukan berarti benar-benar nol tidak ada penyakit malaria di sini," kata Kepala Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Loka Litbang P2B2) Pangandaran, Jawa Barat pada Selasa (16/12/2014).

Menurut Lukman, pada beberapa orang, meski tidak sakit, namun di dalam tubuhnya tetap ada parasit jenis plasmodium vivax. Parasit ini tinggal dalam organ hati selama bertahun-tahun. Pada suatu hari, ketika imunitas tubuh turun, parasit akan menjadi aktif dan malaria bakal menyerang.

Untungnya, penyebab malaria yang disebabkan karena plasmodium falciparum atau malaria tropika tak lagi terjadi di Pangandaran. Padahal di tahun akhir 90-an sampai 2000-an jumlah orang yang meninggal di pangandaran sangat tinggi.

Tingginya angka kasus malaria di Pangandaran pada beberapa tahun dahulu disebabkan karena faktor geografis. Nyamuk penyebab malaria berkembang di daerah pantai dengan ketinggian maksimal 700 meter di atas permukaan laut. Lalu, faktor alam seperti muara sungai yang terbendung, tambak, dan kolam buatan yang sangat banyak membuat nyamuk ini gemar tumbuh dan menyebarkan penyakit.

Perubahan yang terjadi dalam beberapa aspek di Pangandaran membuat angka malaria sangat rendah bahkan hampir tidak ada. "Kini sudah banyak bangunan di Pangandaran, muara sungai sudah lancar, kolam sudah diuruk menjadi bangunan. Nah itu sisi positif yang menguntungkan tidak terjadinya malaria," jelas Lukman.

Pernah Coba Dicium, Wanita Ini Justru Bela Bill Cosby

Posted: 16 Dec 2014 09:20 PM PST

Host acara `Today`, Kathie Lee Grifford mengungkapkan Bill Cosby telah membawanya ke jalur komedi. Di acara pagi stasiun TV NBC itu, Kathie membela pemberitaan tentang Bill.

Diakui Kathie Lee Grifford, di masa lalu, Bill Cosby datang untuk pertama kalinya dan mantan pemain Cosby Show inilah yang membuatnya bisa seperti sekarang ini, berada di jalur komedi.

"Saya bersama dengan begitu banyak orang Amerika, dan orang-orang di seluruh dunia yang tidak ingin (tuduhan) ini benar," ujar Kathie Lee Grifford, dilansir laman Aceshowbiz, Selasa (16/12/2014). "Aku akan mengakui, terakhir kali aku melihatnya, dia mencoba menciumku."



"Aku bilang, `Bill, tidak. Kita teman, dan dia berkata, `Ok, selamat malam,` dan aku menjawabnya. Kemudian aku pergi ke kamar, dan dia pergi ke kamarnya," kenang Kathie Lee Grifford.

"Banyak pria menikah datang ke wanita lajang...tapi setelah saya berkata tidak, dia menghormati itu," tambahnya.



Kathie Lee Grifford mengakui setiap malam ketika keluar dari panggung, Bill Cosby akan membuat cappucino untuk bertiga. "Dan aku selalu berpikir itu adalah kebaikan, dang itu sangat manis." (Mer/Ade)

"Aku hanya tidak ingin berita itu benar, tapi aku tidak mengatakan bahwa wanita adalah pembohong," lanjutnya. "Aku hanya mengatakan aku tidak pernah secara pribadi melihatnya dengan dua mata sendiri. Dari pengalaman pribadi, itu tidak pernah terjadi," tandas Kathie Lee Grifford.(Mer)
 

Djarot Saiful Hidayat, dari Blitar Menuju Ibukota

Posted: 16 Dec 2014 09:19 PM PST

Setelah menjadi misteri beberapa bulan terakhir, teka teki Wakil Gubernur DKI Jakarta akhirnya terjawab. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau [Ahok](2141219 "") hari ini melantik wakilnya, yakni [Djarot Saiful Hidayat](2148127 "").

Djarot bukan orang baru dalam birokrasi. Pengalamannya yang mumpuni dalam tata kelola pemerintahan telah membuat Ahok 'jatuh cinta' dan memilih Djarot sebagai pendampingnya menata ibukota.  

Jauh sebelum namanya disebut-sebut sebagai calon kuat wagub DKI, Djarot yang lahir di Gorontalo, 30 Oktober 1955, merupakan Wali Kota Blitar. Dia memimpin Blitar selama dua periode dari 2000 hingga 2010.

Selama menjadi pemimpin, suami Heppy Farida ini berhasil menyulap Blitar yang tadinya hanya sebuah daerah kecil dan miskin menjadi daerah terkaya nomor 2 di Jawa Timur. Tak heran jika akhirnya ia diganjar banyak penghargaan.

Pada 2008, Djarot mendapat penghargaan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah. Dia juga diganjar penghargaan terbaik Citizen's Charter Bidang Kesehatan, dan mendapat peringkat pertama dalam penerapan e-government di Jawa Timur. Selama 3 tahun berturut-turut, Djarot juga berhasil mengantarkan Blitar sebagai Kota Terbersih dan menyabet Piala Adipura pada 2006, 2007, dan 2008.

Selain deretan prestasi, alumni Universitas Brawijaya Malang ini juga dikenal dengan gaya hidupnya yang sederhana. Dia kerap blusukan memantau kehidupan rakyat dengan hanya mengayuh sepeda. Gaya hidup sederhana ia terapkan tidak hanya untuk kehidupan pribadi, tapi juga untuk rakyatnya dengan lebih memilih membina pedagang kaki lima ketimbang membiarkan mal dan pusat-pusat belanja serta gedung mewah membanjiri Blitar.

Djarot yang meraih gelar magister di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada 1991, pada pemilu tahun ini terpilih sebagai anggota DPR. Bapak 3 anak ini duduk di Komisi II. Tapi dengan jabatan yang baru, Djarot melepas keanggotaannya di DPR.  

Sebelumnya, [politisi PDI Perjuangan](2141879 "") ini pernah menjadi Ketua Komisi A DPRD Jawa Timur dari 1999 – 2000. Tapi sebelum berpolitik, Djarot mengabdikan diri sebagai dosen dan guru besar di Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya. Puncak kariernya di bidang akademik yakni menjadi Pembantu Rektor I  Universitas 17 Agustus 1945.

Dengan jabatan baru sebagai orang nomor 2 di DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat diharapkan dapat membantu Ahok menata Jakarta menjadi lebih baik. (Yus)

Relawan Longsor Banjarnegara Mulai Normalisasi Sungai

Posted: 16 Dec 2014 09:15 PM PST

Relawan bencana [longsor](2148534 "") di Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai menormalisasi sungai. Sebab, longsor mengakibatkan terputusnya aliran air sungai di kawasan tersebut. Untuk melakukan normalisasi aliran sungai melibatkan 75 relawan.

Menurut salah satu koordinator relawan, Amir Darmanto, pihaknya menerjunkan sekitar 25 orang untuk membantu normalisasi aliran sungai tersebut.

"Sungai tertimbun material longsor dengan kedalaman sekitar 15 meter. Oleh karena itu, sungai terbendung dan membentuk aliran baru. Untuk itu perlu dilakukan normalisasi fungsi," kata pria yang juga Anggota DPRD Jateng Fraksi PKS ini, Banjarnegara, Rabu (17/12/2014).

Dia mengatakan, selain untuk normalisasi aliran sungai, hal itu juga digunakan untuk menghanyutkan tanah material longsor. Harapannya, proses pencarian jenazah yang diperkirakan masih tertimbun lebih mudah dilakukan.

"Semoga setelah sungai normal kembali, akan lebih mempermudah proses evakuasi dan perbaikan pasca tanah longsor," kata Amir.

Berdasarkan data BNPB, hingga Selasa 16 Desember 2014 pukul 17.15 WIB, korban yang berhasil ditemukan adalah 64 orang tewas, di mana 41 laki-laki dan 23 perempuan. Korban yang masih dicari adalah 44 orang.

Hingga saat ini dari 64 korban ada 6 korban yang belum dapat diindentifikasi. Ditinjau dari identitas alamat korban tewas, dari 64 korban yang telah berhasil ditemukan ada 45 korban berasal dari Kecamatan Karangkobar, 13 korban dari luar Kecamatan Karangkobar, dan 6 korban belum dapat diidentifikasi. Korban dari luar Kecamatan Karangkobar berasal dari Kecamatan Pejawaran, Banjarmangu, Wanayasa, Cirebon, Bawang, Susukan Cirebon, dan Purwodadi.

Sementara, jumlah pengungsi akibat [longsor Banjarnegara](2148400 "") saat ini ada 1.146 jiwa tersebar di 10 lokasi. Terjadi penurunan jumlah pengungsi dari hari sebelumnya yaitu dari 1.886 jiwa. Pengungsi yang telah pulang kembali ke rumahnya ini berasal dari desa sekitar lokasi kejadian yang pada saat terjadi longsor mereka panik dan ikut mengungsi. (Mvi/Mut)

Sexpedia: Apa yang Terjadi Jika Penis Pasangan Berukuran Kecil?

Posted: 16 Dec 2014 09:15 PM PST

Kabarnya, wanita menyukai penis yang besar. Apakah hal tersebut benar? Lantas, bagaimana jika ternyata penis pasangannya berukuran kecil? Tenang, jika kegundahan tersebut mengganggu Anda psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi akan memberikan jawaban dalam Sexpedia episode Rabu (17/12/2014).

 

Berikut Videonya:

 

 

Ekonom: Rupiah Tersungkur ke Rp 12.700 Sudah Kelewatan

Posted: 16 Dec 2014 09:10 PM PST

Ekonom Standard Chartered Bank, Eric Sugandhi menyatakan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang saat ini menyentuh level Rp 12.700 sudah tidak wajar. Pemicu kondisi ini karena faktor fundamental dan kepanikan pasar. 
 
"Depresiasi rupiah Rp 12.700 per dolar AS itu sudah kelewatan. Ada beberapa faktor yang menjadi masalah, sifatnya fundamental dan psikologis karena pasar panik," ujar dia di Jakarta, Rabu (17/12/2014). 
 
Lebih jauh Eric menilai, pasokan likuiditas dari dolar AS kurang banyak dan penyebarannya kurang merata. Dalam catatannya, valas masih didominasi masuk ke-15 bank-bank besar dunia, sementara bank kecil sulit mendapatkannya. 
 
"Ke-15 bank besar tersebut tentu nggak mau jual dolar AS dengan harga murah, apalagi ada permintaan tinggi dari korporasi menjelang akhir tahun," ungkap dia. 
 
Menurut dia, kepemilikan asing di Surat Utang Berharga Negara (SBN) sudah mencapai 38 persen pada posisi 15 Desember ini. Sehingga menyebabkan yield mengalami kenaikan dan cenderung memicu kepanikan. 
 
"Akibatnya rupiah tertekan, tapi menurut saya harusnya nggak selemah sekarang karena sudah ada upaya menyehatkan fiskal dengan kenaikan harga BBM subsidi," papar Eric. 
 
Dia menambahkan, pemerintah harus fokus pada efektifitas belanja negara, bukan saja penyerapan anggaran. Selain itu, mengurangi rasio utang melalui reformasi anggaran dari non produktif ke produktif. 
 
"Kita kayak kejar setoran mengejar penurunan defisit anggaran di bawah target sehingga hanya angka penyerapan anggaran yang dilihat tanpa ada upaya menggenjot pengeluaran. Jadi spending harus efektif," pungkas Eric. (Fik/Nrm)

Seabad, Panti Asuhan Hati Suci Rilis Biografi Lie Tjian Tjoen

Posted: 16 Dec 2014 09:10 PM PST

Panti asuhan Rumah Hati Suci baru saja merayakan satu abad atau 100 tahun perjalanan dan berdirinya tempat perlindungan dan penampungan anak-anak dan wanita di Indonesia pada 26 Oktober lalu. Menandai perjuangan sang pendiri, panti asuhan yang berdiri sejak 1914 di masa Perang Dunia I tersebut, meluncurkan buku biografi ibu Lie Tjian Tjoen bertajuk, `Ny. Lie Tjian Tjoen: Mendahului Sang Waktu`.

"Kami meluncurkan buku biografi ibu Lie Tjian Tjoen, buku itu menceritakan dari awal beliau berjuang sampai sekarang. Dan saat ini diteruskan kepada ibu Maria Fransisca Setiati selaku direktur panti asuhan," ucap Sri Utami ketika ditemui Liputan6.com, Selasa (16/12/2014) di Graha Unilever, Jakarta Selatan.

Lewat buku itu, Sri Utami menuturkan maksud dan visi misi yang diemban Panti Asuhan kepada masyarakat. Perjuangan sang maestro dirasa masih relevan bagi Indonesia saat ini. "Supaya masyarakat mencontoh ibu Lie Tjian Tjoen  yang berhati mulia itu, kepeduliannya merawat dan menampung anak-anak yang tidak mampu dan terlantar," ucap ibu Sri.

Ibu Sri, salah satu pengasuh panti yang telah mengabdikan karyanya sejak 1985 tersebut mengatakan jika Hati Suci berusaha sekuat tenaga mengembalikan hak anak-anak yang terlantar. "Mengembalikan 10 hak anak yang di antaranya adalah perlindungan, kesehatan, masa anak bermain, dan masih banyak lagi," kata ibu Sri. (Put/Ade)





Resep Donat Kentang dengan Lapisan Sirup Maple

Posted: 16 Dec 2014 09:09 PM PST

Salah satu makanan ringan yang disukai oleh masyarakat Indonesia adalah donat. Selain rasanya yang memang enak, donat juga disukai karena [resep kue](2143215 "") ini sangat sederhana. Hanya perlu adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega, maka donat pun sudah siap untuk dikonsumsi.

Saat ini, variasi donat sudah cukup banyak, entah dalam hal bentuk maupun bahan-bahannya. Salah satu variasi dari donat adalah donat kentang. Dengan mencampurkan kentang pada adonan, donat akan memiliki rasa yang khas dan lebih enak.

Salah satu resep kue [donat kentang](2130520 "") adalah "skinny sweet potato donuts wiith maple glaze". Selain enak, resep kue donat ini sangat sehat karena rendah kalori dan nol lemak. Berikut resepnya seperti yang dilansir dari Buns In My Oven, Rabu (17/12/2014).

Bahan-bahan

Bahan-bahan

Untuk donat:

- 15 ons kentang

- 1 butir telur

- 1/4 sirup maple murni

- 1 sdm yoghurt nol persen lemak

- 1 sdt vanili

- 2/3 cangkir terigu tepung

- 1 sdt baking soda

- 1/4 sdt garam

- 1 sdt bubuk kayu manis

Untuk lapisan:

- 1 sdm mentega

- 3 sdm sirup mapel murni

- 1/2 cangkir gula bubuk

Cara Membuat

Cara Membuat

Pertama, panaskan oven sampai 350 derajat. Oleskan loyang dengan minyak anti lengket. Setelah itu, pastikan tidak ada lagi cairan pada kentang dan haluskan kentang menggunakan blender atau alat lainnya.

Kedua, campurkan kentang yang telah dihaluskan tersebut dengan telur, sirup maple, yoghurt dan vanili pada mangkuk sedang sampai tercampur rata. Campurkan juga tepung, baking soda, garam dan kayu manis pada mangkuk yang lebih kecil. Setelah itu, campurkan kembali adonan pada mangkuk sedang dan mangkuk kecil hingga merata. 

Ketiga, masukkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 11 menit. Setelah itu, biarkan donat dingin di dalam oven selama 5 menit sebelum dikeluarkan. Sementara donat didinginkan, siapkanlah lapisan untuk donat.

Cairkan mentega dan sirup maple dalam panci kecil dengan api kecil. Aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan juga gula halus dan aduk-aduk lagi hingga halus.

Terakhir, keluarkan donat dalam oven dan oleskan campuran sirup maple pada bagian atas donat.

Donat kentang berlapis sirup maple pun siap dihidangkan. Dalam tiap donat mengandung 230 kalori dan 0 lemak sehingga Adan tidak perlu khawatir gemuk saat memakannya. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: