Sabtu, 27 Desember 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Alasan Pilot Pesawat AirAsia Pindah Posisi dan Naik Ketinggian

Posted: 27 Dec 2014 09:22 PM PST

Pesawat AirAsia yang hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Singapura hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murdjatmodjo, dalam keterangannya Minggu (28/12/2014) mengatakan, [Pesawat AirAsia](2153149 "") dengan nomor penerbangan QZ8501 hilang kontak pada pukul 06.17 WIB.

Pesawat hilang kontak setelah pilot meminta pindah ke kiri dan naik pada ketinggian 38 ribu kaki dari posisi semula 32 ribu kaki.  

Djoko menambahkan, pesawat minta pindah untuk menghindari awan. "Cuaca memang sedang tidak baik, kondisi pesawat baik, pesawat minta pindah ke kiri untuk menghindari awan," jelas Djoko.  

Setelah dinyatakan hilang kontak, pada pukul 06.18 WIB pesawat hilang dari radar dan hanya kelihatan flight plan tracknya saja.

Pesawat AirAsia jenis Airbus A320-200 itu berpenumpang 155 orang. Di antara jumlah itu, 16 orang di antaranya anak-anak dan 1 bayi. Pesawat diawaki 2 pilot dan 4 orang cabin crew. (Sun)

Cari Pesawat AirAsia di Indonesia, Singapura Terjunkan Hercules

Posted: 27 Dec 2014 09:21 PM PST

Pesawat maskapai AirAsia QZ8501 yang terbang dari Surabaya menuju Singapura hilang kontak pagi ini. Posisi terakhir sebelum hilang kontak dilaporkan berada di antara Pulau Kalimantan dan Belitung.

Badan Penerbangan Singapura (CAAS) mengatakan Angkatan Udara Singapura pihaknya telah menerjunkan 2 pesawat jenis Hercules C130 untuk membantu petugas Indonesia mencari AirAsia yang mengangkut 155 orang tersebut.

"Pusat Koordinasi Penyelamatan (RCC) di bawah komandi CAAS dan dibantuk Angkatan Udara dan Laut Singapura telah mengerahkan tim ke Indonesia. 2 Pesawat C130 telah diterjunkan," demikian keterangan CAAS, Minggu (28/12/2014).

Pesawat AirAsia type Airbus A320 yang berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya pukul 05.20 WIB itu seharusnya tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura pukul 08.30 WIB, namun hilang kontak pada pukul 07.55 WIB.

CAAS melaporkan pihak Bandara Internasional Changi telah menyiapkan posko bagi keluarga penumpang yang membutuhkan informasi. "Bagi keluarga penumpang, bisa datang ke Terminal 2 Changi Airport."

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI AU telah mengirim pesawat pengintai Boeing 737 surveillance untuk mencari Pesawat AirAsia yang hilang.

Pesawat AirAsia jenis Airbus A320-200 itu berpenumpang 155 orang. Di antara jumlah itu, 16 orang di antaranya anak-anak dan 1 bayi. Penumpang didominasi warga negara Indonesia, lainnya 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia dan 3 WN Korea Selatan.

Sementara itu, AirAsia menginformasikan nomor telepon yang bisa dihubungi pihak keluarga penumpang, yakni 02129850801. "AirAsia akan terus memberikan informasi terbaru secepat mungkin." (Riz)

HTC Siapkan Parade Smartphone Murah di 2015

Posted: 27 Dec 2014 09:18 PM PST

Para vendor smartphone tengah menanti tahun 2015 dengan serangkaian inovasi terbaru mereka, salah satunya HTC. Perusahaan asal Taiwan itu akan meramaikan tahun depan bersama jajaran smartphone entry-level dengan harga terjangkau.

Laman Neowin yang dikutip Minggu (28/12/2014) melansir, HTC saat ini tengah mencari cara untuk bisa menumbuhkan penjualan smartphone dengan lebih menekankan penjualan smartphone harga terjangkau. Hal ini juga ditegaskan oleh Presiden HTC Asia Utara, Jack Tong.

Tong menjelaskan tentang sejumlah rencana HTC pada 2015 dan produk-produk yang akan difokuskan dalam kampanye pemasaran. Dia mengungkapkan bahwa HTC akan merilis Desire 820 pada Januari 2015 dan smartphone entry-level lainnya akan menyusul pada kuartal pertama tahun depan.

HTC bukan satu-satunya perusahaan yang melihat peluang manis di pasar smartphone entry-level. Sebelumnya, Microsoft mengungkapkan bahwa mayoritas basis penggunanya memiliki dan mengoperasikan berbagai aplikasi di smartphone low-end (entry-level).

Lebih lanjut, Neowin mencatat bahwa HTC sedang bersiap lebih mendorong penjualan online pada 2015 melalui smartphone entry-level. Pasalnya, perusahaan telah mendapatkan hasil manis dari penjualan online pada tahun ini dan ingin hasil positif itu terus berlanjut.

Selama 2014, penjualan online HTC telah menyumbang lebih dari 10 persen dari total penjualan smartphone di seluruh dunia. Ini adalah salah satu hasil penjualan online terbaik dalam sejarah HTC. (din/dew)

Pelle Vs Costa: Duel Bomber Haus Gol di St. Mary's Stadium

Posted: 27 Dec 2014 09:12 PM PST

Duel dua bomber maut Liga Premier Inggris bakal terjadi pada laga Southamton kontra Chelsea di St. Mary's Stadium, Minggu (28/12/2014) pukul 21.00 WIB. Laga ini bakal menjadi partai terakhir dua kesebelasan di tahun 2014.

Di kubu Southampton, Graziano Pelle bakal menjadi tumpuan tim besutan Ronald Koeman. Striker berkebangsaan Italia itu sudah mencetak delapan gol dan dua assists dari 17 pertandingan.

Striker berusia 29 tahun itu bisa mencetak gol dari berbagai sudut. Kepala dan kakinya bisa dijadikan alat untuk merobek gawang lawan. Tidak hanya piawai mencetak gol, Pelle juga sudah mencatatkan dua assists.

Pelle juga sangat rajin memberikan ancaman ke pertahanan lawan. Sejauh ini, dia sudah melepaskan 66 sepakan yang mengarah langsung ke gawang lawannya.

Sedangkan di kubu Chelsea ada Diego Costa. Penyerang naturalisasi itu merupakan striker mematikan di tanah Britannia Raya meski baru bermain 15 pertandingan di Liga Premier Inggris.

Costa merupakan striker dengan karakter menunggu bola dari kawannya. Sejauh ini, dia sudah mencatatkan 13 gol untuk tim asuhan Jose Mourinho.

Karakternya itu membuat Costa menjadi penyerang yang wajib diwaspadai bek Southampton nanti malam. Setidaknya, pria berusia 26 tahun itu sudah melepaskan 45 tendangan yang tepat sasaran.

5 Makanan Unik dan Menarik Khas Kudus Jateng

Posted: 27 Dec 2014 09:11 PM PST

Jika mendengar nama Kabupaten Kudus apakah yamh terlintas di benak anda? Sekitar 80% orang mengatakan “rokok”. Tapi selain rokok banyak ciri khas lain dari kabupaten yang mempunyai wilayah tersempi di Jawa Tengah ini. Ya, makanan. Berikut ini adalah makanan-makanan lezat dan unik khas Kabupaten Kudus.

1.    Soto Kudus

Makanan satu ini sudah terkenal sejak lama. Namun, banyak orang yang belum mengetahui versi Soto Kudus yang sebenarnya yaitu menggunakan daging kerbau namun ada juga yang menggunakan daging ayam. Dahulu kala ketika Sunan Kudus tiba di Kudus beliau membuat larangan menyembelih sapi untuk menghormati penduduk asli Kudus yang mayoritas beragama Hindu.

Budaya ini masih ada hingga sekarang meskipun beberapa orang sudah berani menyembelih sapi saat Idul Adha dengan alasan sudah tidak ada orang Hindu di Kudus. Selain daging yang digunakan, isian lainnya juga berbeda. Jika Soto Semarang menggunakan tambahan soun dan telur ayam, Soto Kudus hanya kecambah, daun bawang, dan seledri.

1

2.    Lentog Tanjung

Lentog Tanjung adalah makanan khas Kabupaten Kudus yang jarang ditemui di luar daerah asalnya. Lentog yang berarti lontong dan Tanjung yang berarti desa Tanjungkarang daerah asal makanan ini. Kuliner ini banyak di cari sebagai sajian sarapan. Di Kabupaten Kudus terdapar sentra penjualan Lentog Tanjung yaitu di sebelah Utara simpang lima jalan lingkar Tanjungkarang.

Setiap hari libur kawasan tersebut dipadati pengunjung yang tidak hanya dari Kudus tetapi juga dari luar kota. Makanan ini hanya terdiri dati lontong yang diiris kecil-kecil, lodeh tahu, dan sayur nangka muda yang ditambah dengan sambal cair. Selain jarang ditemui di luar Kudus, keunikan makanan ini ada pada lontongnya yang besarnya hampir sebesar paha orang dewasa.

2

3.    Parijoto
Yang satu ini bukan makanan olahan melainkan buah unik dari lereng Muria. Buah ini hanya tumbuh subur di lereng Gunung Muria saja sehingga banyak wisatawan yang membelinya sebagai oleh-oleh khas Gunung Muria Kabupaten Kudus. Parijoto juga diabadikan sebagai motif batik Kudus.

Konon katanya buah ini dapat membuat anak dalam kandungan menjadi cantik dan tampan. Biasanya ibu hamil memakan buah ini pada usia kandungan menginjak lima bulan namun ada juga yang memakannya saat usia kandungan baru dua atau tiga bulan.

Dikarenakan rasanya yang asam dan agak getir, buah ini biasanya dijadikan sebagai rujak atau direbus dahulu sebelum dikonsumsi. Buah dengan nama latin Medinella speciosa L. ini secara medis sebenarnya memiliki kandungan bahan kimia saponin dan kardenolin pada daun dan buahnya, sedangkan pada buahnya mengandung flavonoid dan daunnya mengandung tannin yang berkhasiat sebagai obat sariawan dan obat diare. Anda tertarik untuk memperbaiki keturunan? Silahkan coba buah Parijoto ini.

3

4.    Lepet

Lepet berasal dari kata “lepat” atau “luput” dalam Bahasa Jawa yang artinya kesalahan. Hidangan ini sering dibuat pada lebaran ketupat atau hari ke tujuh Idul Fitri. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dibungkus menggunakan daun kelapa lalu direbus. Biasanya isi lepet ditambah dengan Kacang Tolo namun sekarang sudah dikreasikan dengan ditambah nangka atau pisang sesuai selera. Uniknya ada cerita di balik makanan ini. Orang yang lebih muda mengirimkan Lepet ini bersama Ketupat ke rumah keluarga yang lebih tua, misalnya ibu.Makanan ini digunakan sebagai simbol permintaan maaf maka disebut Lepet.

4

5.    Nasi Pindang

Lagi-lagi makanan khas Kabupaten Kudus berasal dari lereng Gunung Muria, tepatnya di Desa Colo. Nasi Pindang adalah nasi dengan irisan daging dan daun melinjo yang diguyur kuah santan. Daging yang digunakan adalah daging kerbau seperti pada Soto Kudus. Hidangangan ini dahulu hanya ada di acara hajatan namun seiring dengan berkembangnya zaman Nasi Pindang sudah dijual bebas di Kabupaten Kudus. Nasi Pindang mempunyai kemiripan dengan Rawon Jawa Timur, hanya saja kuah santan yang dicampur keluak dan daun melinjo yang menjadikannya istimewa.

5

6.    Garang Asem Ayam

Garang Asem khas Kudus ini sangat digemari banyak orang dari berbagai kalangan. Makanan ini dahulunya dianggap mewah karena hanya dinikmati orang-orang berduit pada masa itu dan hanya dihidangkan pada waktu-waktu tertentu. Makanan ini lumanyan menarik wisatawan karena rasanya yang khas. Hanya beberapa rumah makan yang menjual sajian ini. Jika anda berminat mencicipinya anda bisa membuatnya sendiri di rumah namun tidak bisa menjamin kekhasan rasanya.

6

7.    Sate Kerbau

Satu lagi makanan yang wajib dicicipi saat berkunjung di Kabupaten Kudus adalah sate kerbau. Seperti yang telah tertulis di atas, kebudayaan yang diturunkan Sunan Kudus ini menciptakan makanan-makanan lezat dan menjadi ciri khas Kabupaten Kudus. Sate kerbau mempunyi daya tarik bukan hanya dari bahan dasarnya tetapi juga dari rasanya.

Jangan khawatir daging alot karena daging kerbau dihaluskan terlebih dahulu lalu dibentuk menyerupai sate lilit khas Bali.Rasa manis disapatkan dari kecap manis dan gula merah yang dicampurkan pada dagingnya. Sate ini juga sulit ditemui di luar daerah asalnya maka makanan ini menjadi unik dan khas dari Kabupaten Kudus.

Penulis:

 Archadea Rosalina A

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

Industri Karet Alam Kembali Sumringah Tahun Depan

Posted: 27 Dec 2014 09:01 PM PST

Industri karet alam diprediksi membaik tahun depan. Hal ini didukung meningkatnya permintaan dari negara-negara konsumen di tengah pasokan yang rendah, menurut Direktur Jenderal Malaysia Rubber Board (MRB) Datuk Dr Salmiah Ahmad.

Dia mengatakan prospek cerah bagi industri dipicu kenaikan permintaan China yang telah terjadi sejak tahun ini.
"Ini berarti permintaan akan melebihi pasokan dunia dari karet alam," katanya melansir laman Bernama, Minggu (28/12/2014).

Sebuah laporan Dana Moneter mengatakan permintaan global untuk karet alam akan meningkat 5,3 persen pada 2014 dan 2015.

The International Rubber Study Group melaporkan pasokan karet alam turun menjadi 2,5 juta ton pada Juni dari 3.060.000 ton yang terdaftar di bulan yang sama tahun lalu. "Oleh karena itu, MRB memperkirakan harga karet lebih kuat tahun depan," tambah dia.

Dia mengatakan negara-negara penghasil karet utama telah mengambil langkah-langkah untuk mengontrol setiap penurunan lebih lanjut pada harga karet.

"The International Tripartite Rubber Council (ITRC) anggota berkumpul pada bulan November untuk mengatasi dan mencari solusi untuk masalah yang dihadapi oleh produsen karet, terutama untuk menopang harga komoditas," kata Salmiah.

Pada Pertemuan ITRC Komite Menteri tahun ini, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam menunjukkan minat dalam agenda ITRC untuk memperkuat harga karet alam agar saling menguntungkan.

Malaysia, Indonesia dan Thailand  memproduksi 67 persen karet alam global. Sementara Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam baru sebesar 13 persen. "Negara-negara ini sangat sensitif terhadap penurunan harga karet petani menerima dampak maksimum," tambah dia.

Tentang dampak harga minyak pada industri, Salmiah mencatat bahwa selama bertahun-tahun, korelasi antara berbasis karet-produk dan minyak mentah telah diminimalkan.

"Akan ada dampak minimal pada harga karet disebabkan oleh harga minyak mentah dunia sebagai korelasi antara kedua komoditas telah berkurang karena pengganti yang digunakan dalam produk berbasis karet. (Nrm)


Top 5 Otomotif: Ferrari Tabrak Polisi Paling Hits

Posted: 27 Dec 2014 09:00 PM PST

Berikut Top 5 Otomotif untuk Minggu (28/12/2014):

1. Seruduk Polisi Pakai Ferrari? Begini Risikonya

Nasib malang harus diterima pemilik Ferrari Testarossa di Amerika Serikat (AS). Betapa tidak, alih-alih bisa pamer kendaraannya, dirinya justru apes kala menubruk bokong mobil yang ada persis di depannya. 

Memang, kisah apes pemilik Ferrari yang gagal mengemudikan tunggangannya lumrah terjadi. Tapi, pada kasus ini, menyeruduk bokong mobil polisi nampaknya bakal jadi pengalaman tak terlupakan bagi si pengemudi Ferrari. 

2. Buas Mana, Porsche 918 Spyder Vs Koenigsegg Agera R?

Porsche 918 Spyder dan Koenigsegg Agera R adalah dua model kendaraan tercepat di dunia. Keduanya dibekali performa mesin mumpuni denganoutput tenaga di atas rata-rata.

Kali ini, dua hypercar tersebut bertemu untuk unjuk kemampuan adu cepat. Pun begitu, keduanya dibekali jenis mesin yang berbeda. Porsche 918 Spyder mengusung mesin dengan penggerak hibrida, sementara Koenigsegg Agera R mengusung mesin konvensional.

3. Taiwan Jadi Negara Asia Ketiga yang Bekukan Layanan Taksi Uber

Perusahaan penyedia layanan taksi secara online, Uber, sepertinya begitu erat dengan masalah khas transportasi umum di tiap negara yang mereka sambangi.

Setelah sebelumnya pemerintah India melarang peredaran taksi Uber, hal yang sama kini diberlakukan oleh pemerintah Taiwan.

4. Kaleidoskop Otomotif September: Tradisi Pesta Otomotif Tanah Air

Indonesia kembali mengelar hajat otomotif tahunan yang bertajuk Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Kegiatan ini diselenggarakan pada 18-29 September 2014 dengan menggunakan lahan seluas 83.137 meter persegi.

5. Balap Liar Dua Mobil Mewah Ciderai Wanita Hamil

Aksi balapan liar yang dilakukan di jalanan umum kerap kali memakan korban. Kali ini, sebuah insiden kecelakaan beruntun akibat balap liar kembali terjadi di Moscow, Rusia.

Pihak Lanud Supadio Perkirakan AirAsia Hilang di 2 Wilayah

Posted: 27 Dec 2014 08:58 PM PST

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Pangkalan Udara (Lanud) Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat, Mayor Sus Dwi Indro memperkirakan, hilangnya pesawat [AirAsia](2153144 "") rute Surabaya-Singapura di dua wilayah.

"Lost contact (hilang kontak) di antara Tanjung Pandan dan Kalimantan Selatan 209 nautical mile. Di sekitar itu. Untuk sementara hanya itu info yang kami baru dapat. Selanjutnya, jika ada info perkembangan, akan kami sampaikan," jelas Mayor Sus Dwi Indro saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (28/12/2014) di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Ia pun membantah informasi bahwa pesawat AirAsia jatuh di wilayah Kabupaten Ketapang. "Tidak benar itu," pungkas Mayor Sus Dwi Indro.

Pilot Sempat Minta Ketinggian

Sebelum hilang kontak, pilot pesawat berpenumpang 155 orang itu sempat meminta naik ketinggian.

"Kontak terakhir dengan menara kontrol di Jakarta, pilot minta naik ketinggian," ungkap Staf Khusus Kemenhub Hadi Mustofa kepada Liputan6.com di Jakarta, Minggu (28/12/2014).

Pesawat AirAsia type Airbus A320 yang berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pukul 05.20 WIB itu seharusnya tiba di Singapura pukul 08.30, namun hilang kontak pada pukul 07.55 WIB.

Pesawat tersebut dipiloti Kapten Iriyanto dan Remi Emmanuel Plesel. Ada 4 flight attendant, yakni Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan 1 teknisi Saiful Rakhmad.

Ada 155 penumpang dalam pesawat [AirAsia](2153133 "") QZ 8501 itu, terdiri dari 138 dewasa, 16 anak-anak, dan 1 bayi. Detailnya, 1 penumpang berkewarganegaraan Singapura, 1 warga negara (WN) Inggris, 3 WN Korea (1 bayi), dan 149 WN Indonesia. (Ans)

Pilot AirAsia Minta Sedikit Belok Arah Sebelum Hilang Kontak

Posted: 27 Dec 2014 08:53 PM PST

Pesawat [AirAsia](2153144 "") jurusan Surabaya-Singapura dikabarkan hilang kontak pada pukul 07.55 WIB. Pilot pesawat berpenumpang 155 orang itu sempat meminta sedikit belok arah sebelum hilang kontak.

"Pilot minta izin sedikit berbelok arah tapi tetap di rute internasional biasanya," ujar Staf Khusus Kemenhub Hadi Mustofa kepada Liputan6.com di Jakarta, Minggu (28/12/2014).

Menurut Hadi, Pilot bernama Kaptain Iriyanto itu tak menyebutkan alasan kenapa meminta izin sedikit berbelok arah.

"Tidak disebutkan alasannya, kemungkinan cuaca buruk," ungkap Hadi.

Pesawat [AirAsia](2153144 "") type Airbus A320 yang berangkat dari Bandara Juanda Surabaya pukul 05.20 WIB itu seharusnya tiba di Singapura pukul 08.30, namun hilang kontak pada pukul 07.55 WIB

Pesawat tersebut dipiloti Kapten Iriyanto dan Remi Emmanuel Plesel. Ada 4 flight attendants, yakni Wanti Setiawati, Khairunisa Haidar Fauzi, Oscar Desano, Wismoyo Ari Prambudi, dan 1 teknisi Saiful Rakhmad.

Ada 155 penumpang di pesawat [AirAsia](2153144 "") itu, terdiri dari 138 dewasa, 16 anak-anak, dan 1 bayi. Detailnya, 1 penumpang berkewarganegaraan Singapura, 1 warga negara (WN) Inggris, 3 WN Korea (1 bayi), dan 149 WN Indonesia. (Mut)

Pencarian AirAsia, TNI AU Kirim Pesawat Boeing 737 Surveillance

Posted: 27 Dec 2014 08:46 PM PST

TNI AU telah mengirim pesawat Boeing 737 surveilance untuk mencari [Pesawat AirAsia ](2153144 "")yang hilang kontak dalam perjalanan dari Surabaya, Jawa Timur, menuju Singapura. Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 hilang kontak pada pukul 07.24 WIB, Minggu (28/12/2014) pagi.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto kepada Liputan6.com mengatakan, pesawat tim pencari Boeing 737 itu dikirim ke daerah sekitar lokasi. Tim pencari terdiri atas 17 orang terdiri dari tim outing dan tim pemantau radar.

"Jadi hari ini sekitar pukul 07.15, Korhanudnas HAS Hanandjoeddin Bangka Belitung memantau Pesawat Airsia jenis Airbus yang terbang dari Surabaya menuju Singapura," kata Hadi.

"Dari pantauan terkini, pesawat itu terakhir kontak di bearing 249 derajat dengan jarak 127 nautical mile," lanjut Hadi.

Pesawat AirAsia jenis Airbus A320-200 itu berpenumpang 155 orang. Di antara jumlah itu, 16 orang di antaranya anak-anak dan 1 bayi. Penumpang didominasi warga negara Indonesia, lainnya 1 WN Singapura, 1 WN Inggris, 1 WN Malaysia dan 3 WN Korea Selatan.(Sun)

Tidak ada komentar: