Selasa, 02 Desember 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mengikuti Internasional, Harga Minyak Mentah RI pun Melorot

Posted: 02 Dec 2014 09:26 PM PST

Harga rata-rata minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crud Price (ICP)  November 2014 tercata sebesar US$ 75,39 per barel. Harga tersebut mengalami penurunan US$ 8,33 per barel jika dibanding dengan periode sebulan sebelumnya yang bertengger di harga US$ 83,72 per barel.

Seperti dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal minyak dan Gas Bumi (Migas), Rabu (3/12/2014), harga Minas/SLC mencapai US$ 76,33 per barel, turun sebesar US$ 8,13 per barel dari bulan sebelumnya yang mencapai US$  76,33 per barel.

Penurunan harga minyak mentah Indonesia tersebut, sejalan dengan perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional yang diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Negara-negara OPEC sepakat untuk tidak memotong produksi dan mempertahankan kuota produksi sebesar 30 juta barel per hari. Pertemuan antara Arab Saudi, Venezuela, Meksiko dan Rusia sebelum pertemuan OPEC juga gagal menghasilkan kesepakatan untuk melakukan pemotongan produksi.
  2. Berdasarkan laporan International Energy Agency  (IEA)  bulan November 2014, pasokan minyak mentah negara-negara Non OPEC di bulan Oktober meningkat sebesar 165.000 barel per hari yang disebabkan oleh peningkatan pasokan dari AS, Kanada dan UK.
  3. Berdasarkan laporan Energy Information Administration (EIA)-USA, tingkat stok mingguan minyak mentah komersial Amerika Serikat dan gasoline selama bulan November 2014 mengalami kenaikan dibandingkan dengan bulan Oktober 2014S:
    1. Stok minyak mentah AS di bulan November 2014 naik 2,8 juta barel dibandingkan dengan stok bulan Oktober 2014.
    2. Stok gasoline di bulan November 2014 naik 4,6 juta barel dibandingkan dengan stok bulan Oktober 2014.
    3. Nilai tukar Dolar AS masih menguat dibandingkan mata uang dunia lainnya.
    4. Arab Saudi menurunkan harga jual (official selling price) minyak mentah tujuan AS negara tersebut.

(Pew/Gdn)

Renata Melahirkan Setelah 5 Bulan Nikah, 5 Artis Pacar Deddy

Posted: 02 Dec 2014 09:20 PM PST

1. Lima Bulan Menikah, Renata Koesmanto Melahirkan
Kabar bahagia datang dari pasangan Fachri Albar dan Renata Koesmanto. Keduanya baru saja dianugerahi seorang anak pada 21 November lalu.

Hal ini diutarakan oleh Dewi Sri Astuti, ibu Fachri saat dihubungi wartawan via telepon, Selasa (2/12/2014). Dewi mengatakan, tadinya Renata menginginkan menjalani persalinan secara normal.


2. 5 Artis Ini Sempat Digosipkan Pacaran dengan Deddy Corbuzier
Selain dikenal sebagai seorang mentalist, Deddy Corbuzier juga dikenal dengan statusnya yang seorang duda. Oleh karena itulah dirinya banyak digosipkan menjalin hubungan dengan banyak wanita. Berikut beberapa daftar artis cantik yang sempat digosipkan menjadi kekasih Deddy.


3. 4 Fakta Unik Tentang Rizky Kinos, Kekasih Nycta Gina
 Mungkin anda sudah tahu siapa Rizky Triyantono alias Rizky Kinos. Wajah tampannya sering muncul di televisi. Ia digosipkan menjalin hubungan dengan Nycta Gina.  

Namun bagi yang belum familiar, coba kita kenalan lebih lanjut dengan cowok ganteng berusia 29 tahun host D'catering yang juga mantan VJ MTV ini.


4. Ivan Gunawan Hadiahi Anak Ayu Ting Ting, Cita Citata Cemburu?
Ivan Gunawan belum lama ini memberikan kado ulang tahun untuk anak semata wayang Ayu Ting Ting, Bilqis Khumairah Razak. Mengetahui hal tersebut, Cita Citata yang dikabarkan dekat dengan Ivan Gunawan dikabarkan cemburu. Benarkah?

"Ngapain cemburu. Kami kan nggak pacaran, kami cuma teman ngobrol dan sharing," kata Cita Citata, saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (2/12/2014).


5. Hamil 7 Bulan, Alyssa Soebandono Sering Lakukan Ini
Usia kehamilan Alyssa Soebandono sudah memasuki tujuh bulan. Hal itu membuat dirinya dan sang suami, Dude Harlino mempersiapkan segala sesuatunya agar kelak sang anak lahir seperti yang mereka inginkan.

Pasangan ini pun menginginkan anaknya nanti bisa pintar dan saleh, maka Icha --sapaan Alyssa Soebandono-- dan Dude Harlino tak lepas memperdengarkan lantunan ayat Al Quran pada calon bayi.



Pemain Muenchen Ini Kasihan Lihat Krisis Dortmund

Posted: 02 Dec 2014 09:17 PM PST

Striker Bayern Muenchen,Thomas Muller mengaku cukup terkejut dan merasa kasihan dengan krisis yang dialami Borussia Dortmund musim ini. Dia pun memberi saran agar Dortmund harus mau "habis-habisan" agar bisa terhindar dari zona degradasi.

Kondisi ironis memang sedang dialami Dortmund. Meski sudah lolos ke fase knock out babak 16 besar Liga Champions berkat 4 kemenangan dari 5 laga, Dortmund malah berada di dasar klasemen Bundesliga Jerman. Dortmund berada di posisi paling buncit! Sebuah fakta yang sulit diperkirakan sebelumnya.

"Die Borussen" hanya mengoleksi 11 poin dari 13 laga yang sudah dilalui. Meski Dortmund adalah rival Muenchen, tapi Muller tetap tak mau melihat Dortmund terpuruk terlalu jauh. Dia berharap Dortmund bisa mulai membaik di laga-laga sebelumnya.

"Butuh keberanian. Tak ada yang menyangka ini. Jika Anda melihat kondisi ini dari luar, Anda pasti kehilangan kata-kata. Awalnya, memang Dortmund tampak kesulitan tapi masih positif. Tapi sekarang Anda berharap mereka sudah mulai menggamit poin," ujarnya seperti dikutip Skysport.

"Bagi sepak bola Jerman, kebangkitan Dortmund juga penting. Anda tahu segalanya bisa terjadi di sepak bola. Di Liga Champions, Dortmund bermain bagus tapi di Liga mereka ada di dasar klasemen. Gila, tapi ini bukan masalah kami."

 

Baca Juga:

[5 Pemain ISL Memilih Hijrah ke Negeri Jiran](2141867 "")

[MU-Liverpool Menang, Ini Hasil Lengkap dan Klasesmen Liga Inggris](2141862 "")

[Van Gaal Belum Berani Garansi Di Maria Segera Pulih](2141943 "")

Sexpedia: Fantasi Seks untuk Membangkitkan Gairah

Posted: 02 Dec 2014 09:15 PM PST

Apakah fantasi seks bisa membangkitkan kembali gairah seks? Psikolog seks Zoya Amirin M.Psi menjawabnya dalam Sexpedia episode Rabu (3/12/2014).

Berikut videonya:

Smartwatch Ini Bisa Deteksi Stress dan Kejang

Posted: 02 Dec 2014 09:15 PM PST

Perangkat teknologi terpakai alias wearable devices semakin banyak bermunculan di hadapan publik dan diprediksi akan membanjiri pasar pada tahun depan. Berbagai wearable devices yang telah muncul hampir membawa fitur yang seragam, misalnya penunjuk waktu, koneksi ke ponsel hingga deteksi aktivitas sehari-hari.

Indiegogo menggarap proyek wearable devices dengan fitur unik. Tak jauh berbeda dengan wearable devices lainnya, smartwatch ini bisa menjadi penunjuk waktu maupun mendeteksi aktivitas serta menganalisa tingkat stres penggunanya.

Detektor pemindai stres yang ada di perangkat bernama Embrace ini memang tak pernah ada sebelumnya di perangkat sejenis lainnya. Bahkan, seperti dikutip dari Slashgear, Embrace bisa memprediksi kejang yang mungkin terjadi pada penggunanya.

Secara desain, Embrace berbeda dari kebanyakan smartwatch karena tidak memiliki touchscreen. Pengguna hanya perlu memakainya di sekitar pergelangan tangan layaknya sebuah gelang biasa. 

Permukaan perangkat ini terbuat dari brushed metal dan tali yang terbuat dari kain serta kulit warna. Embrace akan tersedia dalam berbagai ukuran, termasuk juga untuk anak-anak.

Embrace dapat mencatat electrodermal activity (EDA) pengguna melalui sejumlah kecil uap yang keluar dari kulit. Pengukuran EDA dapat digunakan untuk memprediksi kejang yang dapat membantu tenaga medis atau kerabat menyiapkan penanganan maupun pencegahan.

Gelang pintar ini memang diciptakan agar lebih berfungsi sebagai perangkat medis ketimbang fitness tracker. Saat ini tim Empatica, pengembang Embrace, telah mengumpulkan dana sebesar US$ 199.202 dari target yang ditentukan US$ 100 ribu untuk bisa membuatnya secara massal. (den/dew)

BI Jateng: Inflasi Desember Bakal Lebih Tinggi Dibanding November

Posted: 02 Dec 2014 09:13 PM PST

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah memperkirakan angka inflasi pada Desember 2014 di Jawa Tengah akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan angka inflasi pada November 2014. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Jawa Tengah pada November 2014 kemarin tercatat 1,36 persen.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah V Jateng-DIY, Marlison Hakim mengungkapkan, perkiraan tersebut berdasarkan pada perhitungan administered price atau harga barang dan jasa diatur oleh pemerintah.

"Prediksi BI dampak kenaikan harga BBM subsidi akan berlangsung secara temporer selama tiga bulan. Dan puncaknya akan terjadi pada bulan Desember ini," kata Marlison Hakim, Rabu (3/12/2014). Dampak kenaikan BBM Subsidi tersebut sebenarnya telah terlihat sejak November kemarin.

Inflasi di sektor volatile foods atau harga pangan yang fluktuatif, diperkirakan meningkat karena terbatasnya pasokan bahan pangan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

Sedangkan dari sisi inflasi inti, terdapat tekanan yang bersumber dari meningkatnya ekspektasi masyarakat terkait penyesuaian harga BBM oleh Pemerintah.

Mengingat tantangan inflasi ke depan yang cukup besar terutama dipicu oleh tekanan administered price, BI akan memperkuat koordinasi pengendalian inflasi melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Melalui penguatan koordinasi dan berbagai langkah yang telah ditempuh sebelumnya, Bank Indonesia meyakini bahwa inflasi keseluruhan tahun 2014 bisa ditekan," kata Marlison.

Peningkatan inflasi sektor volatile food lebih banyak bersumber dari kenaikan harga cabai di antaranya cabai merah dan cabai rawit. Hal ini terkait musim kemarau berkepanjangan pada tahun 2014 dibandingkan dengan tahun 2013. (Edhie Prayitno Ige/Gdn)

Cerita Dibalik Susahnya Menentukan Personel JKT48

Posted: 02 Dec 2014 09:10 PM PST

Berdiri sejak 2011, idol grup JKT48 kini menuai sukses di pentas musik nasional. Tak hanya jutaan fans yang menyebar di pelosok Indonesia, JKT48 juga makin eksis karena memiliki tempat pertunjukkan sendiri sehingga bisa mengadakan pementasan saban hari.

Tapi, dibalik gemerlap itu, tak banyak yang tahu sulitnya membentuk JKT48 hingga sesukses sekarang. Hal itu diutarakan oleh President Director Dentsu Media Group Indonesia, Harris Tayeb. Dentsu merupakan perusahaan yang membeli lisensi AKB48 dan kemudian mendirikan JKT48.

"Konsep awal JKT48 adalah untuk mengangkat karakter setiap orang. Kami merekrut mereka agar mereka punya kesempatan jadi idola," kata Harris Tayeb di kawasan Kasablanka, Jakarta Selatan, Selasa (2/12/2014).

Audisi pun dibuka. Meski hanya membutuhkan 30 personel ketika itu, toh animo remaja wanita membludak. Lebih dari 10ribu orang menjalani audisi dibeberapa wilayah.

"Ini bagian yang susah. Semuanya berbakat. Tapi kami harus pilih 30 orang. Tentu susah milihnya. Bahkan saya ikut menangis ketika ada peserta yang gagal," imbuh Harris Tayeb.

Ia memaparkan, kunci untuk jadi idola yang sesungguhnya ialah disiplin dan percaya diri. Kata Harris Tayeb, dua hal itulah yang bikin JKT48 kini bersinar.

"Tadinya mereka remaja culun-culun. Tapi karena punya rasa dispilin, percaya diri luar biasa, makanya bisa seperti ini. Mereka dibina untuk jadi mandiri, dan jadi satu kesatuan," tutup Harris Tayeb.(Jul/Mer)

PM Israel Segera Gelar Pemilu Dini

Posted: 02 Dec 2014 09:05 PM PST

Perdana Menteri Israel [Benjamin Netanyahu](2141865 "") akan mengadakan pemilu dini. Hal itu dilakukannya, setelah memecat dua menteri utamanya akibat perselisihan mengenai sejumlah isu kebijakan.

Dalam pernyataan yang dikutip dari VOA News, Rabu (3/12/2014), PM [Israel](2136106 "") itu mengatakan Menteri Keuangan Yair Lapid dan Menteri Kehakiman Tzipi Livni telah mengecam keras pemerintahannya dan ia tidak akan menolerir adanya oposisi di dalam pemerintahannya.

"Lapid dan Livni diam-diam mencoba untuk membentuk koalisi alternatif. Dalam satu kata, itu disebut kudeta. Dan itu tidak memungkinkan pemerintahan berjalan," ucap Netanyahu dalam konferensi pers yang disiarkan sejumlah televisi, Selasa 2 Desember 2014.

"Pemilu dini akan memberi mandat yang kuat untuk memimpin Israel," ungkap dia.

Lapid dan Livni berbeda pendapat dengan Netanyahu dalam sejumlah isu, termasuk RUU kontroversial yang sedianya akan menetapkan Israel sebagai negara bagi orang Yahudi.

Livni membantah tudingan tersebut dan mengatakan Netanyahu telah bekerja di belakang layar untuk menggantikan mereka.

Menurut Yair Lapid, jika pemilihan umum jadi dipercepat, maka Netanyahu akan mendapat mandat baru yang memungkinkan dirinya melanjutkan kebijakan untuk terus mengekspansi tanah Palestina dan mendirikan permukiman.

Lapid menambahkan, Netanyahu juga kemungkinan akan bisa meloloskan rencana pembentukan Israel sebagai negara Yahudi yang menurutnya penting untuk melindungi identitas warga Yahudi di Israel.

Pihak pengecam -- Lapid dan Livni -- mengatakan RUU itu, yang akan menghilangkan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa resmi, dapat melemahkan karakter demokrasi Israel dan semakin meminggirkan 20 persen warga Israel keturunan Arab.

Pihak oposisi di pemerintahan juga mengecam anggaran tahun depan, kebijakan pajak dan tingginya biaya hidup.

Netanyahu mengatakan akan secepat mungkin membubarkan parlemen. Meski demikian sejumlah jajak pendapat menunjukkan ia tetap akan memenangkan pemilu meski popularitasnya menurun.

Menteri Keuangan Yair Lapid dan Menteri Kehakiman Tzipi Livni yang dipecat Netanyahu adalah pemimpin dua partai moderat yang bertentangan dengan kelompok sayap kanan yang mendominasi kabinet -- Tzipi Livni memimpin Partai Hatnuah sedangkan Yair Lapid pendiri Partai Yesh Atid. (Tnt/Mut)

Soto, Sroto, Coto atau Sauto, Semuanya `Mak Nyus`

Posted: 02 Dec 2014 09:04 PM PST

Anda penggemar makanan asli Indonesia? Anda pasti sudah tak asing dengan makanan lezat bernama Soto. Pada umumnya soto berisi nasi, bihun, dan suwiran daging ayam yang disiram kuah kaldu. Makanan ini dapat dengan mudah anda jumpai di pelosok kampung, shopping mall besar, depot, pasar bahkan dipinggir jalan.

Di Indonesia terdapat berbagai macam soto yang memiliki cita rasa maupun nama yang berbeda. Lalu pernahkah Anda bingung membedakan istilah soto, sroto dan coto? Ulasan berikut akan menjelaskan perbedaannya. 

Soto Semarang

1. Soto Semarang

Berbeda dengan soto pada umumnya, soto Semarang biasanya disajikan dalam porsi kecil. Soto ini dilengkapi dengan nasi, bihun dan suwiran daging ayam dan kuah segarnya yang bening kecoklatan. Anda bisa menambahkan jeruk nipis untuk memperkuat cita rasa soto yang segar.

Biasanya soto Semarang disajikan dengan sate usus, sate kerang dan sate iso yang direndam di kuah kecap sehingga memperkaya cita rasa soto. Jika Anda berkunjung ke kota aslinya tak ada salahnya mampir ke kedai paling terkenal yaitu Soto Bangkong di Jalan Setiabudi 229, Semarang.

Sroto Banyumas

2. Sroto Banyumas

Jika soto Semarang bercita rasa segar, sroto Banyumas menonjolkan rasa rempah-rempah dan bumbu kacang yang kental. Disajikan dengan ketupat, bihun, daun bawang, kerupuk, suwiran daging ayam atau sapi dan disiram dengan kuah santan kaya bumbu membuat sroto Banyumas menjadi makanan primadona. Soto ini enak juga disantap dengan mendoan (tempe goreng Banyumas). Salah satu kedai sroto Banyumas yang paling terkenal adalah Sroto Hj Misdar (Sroto Bancar) di Jalan Ahmadi (Bancar), Purbalingga.

Coto Makasar

3. Coto Makasar

Jika soto Semarang menggunakan nasi dan sroto Banyumas menggunakan ketupat, maka coto Makasar menggunakan burasa (sejenis lontong khas Makasar). Selain burasa, coto Makasar juga berisi jeroan sapi seperti hati, babat, usus dan paru yang dimasak empuk. Soto bertambah nikmat karena disiram dengan kuah kental yang kaya rasa. ntuk merasakan nikmatnya coto Makasar, Anda bisa datang ke kedai Coto Gagak di Jalan Gagak No 27 Makasar.

Sauto Tegal

4.Sauto tegal

Jenis makanan yang berbentuk sup ini hanya ditemui di Tegal, jawa Tengah. Sauto sebenarnya mirip dengan soto-soto yang lain. Hanya saja Sauto Tegal yang telah populer ini bumbunya ditamnbahkan tauco. (Tauco adalah bumbu makanan yang terbuat dari biji kedelai (Glycine max) yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian dibiarkan sampai tumbuh jamur (fermentasi)

Dengan tambahan tauco, aroma dan rasa kuahnya sungguh khas menggugah selera.  

Tiap soto memiliki keunikan nama dan cita rasa masing-masing. Jadi mana yang sesuai selera Anda, soto, sroto coto atau sauto semuanya enak dan pengen nambah.

Pengirim:

Fiana Indrasari

Banjir Landa 4 Kecamatan di Samarinda

Posted: 02 Dec 2014 09:01 PM PST

(Rabu : 03/12/2014) Hujan deras yang mengguyur Samarinda, Kalimantan Timur, selama hampir tiga jam membuat sejumlah kawasan tergenang air dengan ketinggian rata-rata 40 centi meter hingga satu meter. Hujan juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Banjir yang disebabkan hujan deras, mulai menggenangi 4 kecamatan di Samarinda, Kalimantan Timur terjadi pada Selasa malam. Banjir cukup parah terjadi di Simpang Empat Sempaja, Simpang Tiga di Pandjaitan, Simpang Empat Dokter Soetomo, Sambutan dan Mangkupalas. Di daerah itu ketinggian banjir bervariasi mulai 40 centimeter hingga satu meter. Sedangkan beberapa daerah lainnya genangan air tak lebih dari 30 centi meter.

Banjir juga membuat sebagian ruas jalan tak bisa lalui kendaraan lantaran kedalaman airnya. Sejumlah pengendara yang nekat melintas, gagal karena kendaraannya mogok. Menurut warga, banjir seperti ini sudah berkali-kali terjadi terutama di musim penghujan. Warga juga enggan mengungsi karena alasan keamanan rumah dan hartanya.

Selain banjir, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan belasan pohon di tepi jalan bertumbangan. Untuk menghindari terhambatnya arus lalulintas, petugas dari pemadam kebakaran dan badan penggulangan bencana daerah diterjunkan untuk membersihkan ranting pohon dari badan jalan. (Amir Hamzah/Sup)

Tidak ada komentar: